Page 1

Akbar Faisal: Kok cuma sedikit (massanya)? Apa Effendi Ghazali dan kawan-kawan sudah tidak bisa mengajak lagi?  BACA JUGA: ALIHKAN MASSA BESAR PADA 29 MARET ... HALAMAN 7 HARIAN PAGI TERBIT 16 HALAMAN HARGA ECERAN: RP 2.500,LANGGANAN: RP 45.000,-/BULAN

REDAKSI: 087851745666 IKLAN: 0818399087 LANGGANAN/SIRKULASI: (031) 5318686 PENGADUAN: 0812 1697 8686

RABU, 28 MARET 2012

 HALAMAN 7

Dipo Tantang SPBU Mega SIKAP tak kenal kompromi yang ditunjukkan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri yang menolak kenaikan harga BBM dan menginstruksikan kadernya turun jalan mengundang serangan balik pemerintah. Sekretaris Kabinet Dipo Alam mengatakan jika PDIP menolak kenaikan harga BBM, maka keluarga Megawati harus membuktikannya dengan tidak akan menaikkan harga bensin di SPBU milik mereka. Dipo membeber bahwa selama ini Taufik Kiemas dan Puan Maharani yang merupakan suami dan anak Mega, mempunyai banyak SPBU. Sebab itu, Dipo menantang, saat kenaikan harga BBM pada 1 April nanti, hendaknya SPBU milik keluarga Mega ini tidak ikut-ikutan menaikkan harganya.

PDIP SURABAYA MERAHKAN GRAHADI AKSI besar-besaran yang dilakukan PDIP di depan gedung Grahadi ternyata hanya diikuti 2 ribuan massa. “Untuk massa memang kurang lebih sekitar 20 ribuan. Kita menuntaskan janji untuk menggelar aksi sebagaimana intruksi dari DPP PDIP,” ujar Wishnu Sakti Buana dalam orasinya.  HALAMAN 7

MENYEMUT: Sekitar sepuluh ribu massa PDIP melumpuhkan Jalan Pemuda Surabaya.

 HALAMAN 7 FOTO: BM/TOVAN BEKA

Pangkas Biaya Dinas Presiden JAKARTA, (BM) – Mencuatnya usulan pemangkasan alokasi anggaran perjalanan dinas pejabat hingga pegawai eselon terendah ke luar negeri mendapat sambutan positif dari kalangan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Pemangkasan ini sebagai bentuk penghematan anggaran di tengah pengiritan uang negara dari pemangkasan subsidi bahan bakar minyak yang digemborkan pemerintah. Kebutuhan pemangkasan biaya perjalanan dinas tak hanya berlaku bagi PNS eselon rendah, namun juga diusulkan hingga alokasi anggaran dinas untuk presiden dan anggota dewan.

BIAYA DAN FASILITAS PERJALANAN DINAS PEJABAT · Biaya transportasi termasuk biaya resmi lain yang dibayarkan dalam rangka Perjalanan Dinas yang antara lain meliputi visa, airport tax, dan retribusi; · Uang harian yang mencakup biaya penginapan, uang makan, uang saku, dan uang transportasi lokal; · Uang representasi; · Biaya asuransi perjalanan; · Biaya pemetian; · Biaya angkutan jenazah; dan/ atau biaya Lumpsum barang pindahan.

SESUAI GOLONGAN PEJABAT · Klasifikasi First diberikan untuk Golongan A. · Klasifikasi Bussines diberikan untuk Golongan B; atau · Klasifikasi Published diberikan untuk Golongan C dan D; dan · Moda Transportasi Darat atau Air, paling rendah klasifikasi Bussines untuk semua Golongan.

 HALAMAN 7

Kejagung Temukan Rp 97 M di Rekening Dhana JAKARTA, (BM) - Tim penyidik satu rekening tersangka, ditemukan satuan khusus (satsus) pada Jaksa Agung aliran uang yang masuk berjumlah seMuda Pidana Khusus (JAM Pidsus) kitar Rp 97 miliar,” kata Kepala Pusat kembali memanggil tersangPenerangan Hukum Keka kasus korupsi dan pencujaksaan Agung, Muhammad cian uang, Dhana WidyatAdi Toegarisman, Selasa mika (DW). Dalam peme(27/3). riksaan kali ini, pihak peAdi menjelaskan uang nyidik mengkonfirmasi uang sebesar Rp 97 miliar tersebut di dalam rekening-rekening berasal dari satu sumber damiliknya, Selasa (27/3). lam beberapa kali transaksi Yang mengejutkan, di di salah satu rekeningnya. dalam salah satu rekening Dhana sendiri memiliki seDhana terungkap ada aliran banyak 12 rekening yang uang dengan total sebesar Rp Dhana Widyatmika berada di tujuh bank. Se97 miliar dari salah satu pehingga aliran uang yang rusahaan wajib pajak (WP) yang pernah diterima Dhana diperkirakan masih jauh ditangani Dhana. lebih besar. “Hasil klarifikasi sementara dari salah  HALAMAN 7

gian SR seperti biaya pengobatan, biaya pemulihan dan kerugian lainnya,” kata kuasa hukum SR, Maruli Tua Rajaguguk, Senin (26/3) kemarin. Bermodal putusan kasasi Mahkamah Agung (MA) yang membebaskan SR, Maruli yakin jika SR merupakan korban rekayasa polisi. Yaitu SR dipak-

FOTO: BM/IST

LBH Sebut Sebagai Kasus Pertama di Indonesia MASIH ingat siswa SD di Bojong Gede, Bogor, SR (15), yang dianiaya polisi supaya mengaku sebagai pencuri? Setelah diputus bebas dan tidak bersalah, SR kini menggugat Kapolsek Bojong Gede Rp 32,827 juta. “Kami sudah menunggu itikad baik Kapolsek selama 2 tahun untuk mengganti keru-

Lima Kepala Daerah Pimpin Demo Siap Dipecat, Tak Gubris Ancaman Mendagri

Dianiaya, Pelajar Sekolah Dasar Gugat Kapolsek Rp 32 Juta Seorang pelajar SD di Bogor, melakukan tindakan berani dengan mengajukan gugatan kepada polisi. Ini terjadi setelah sebelumnya ia dianiaya untuk mengaku sebagai pencuri sepeda.

FOTO-FOTO: BM/TOVAN BEKA/ANTARA

ORASI: Wakil Walikota Surabaya Bambang DH melakukan orasi di depan puluhan ribu kader dan simpatisan PDIP di depan Gedung Grahadi Surabaya (atas). Gubernur Soekarwo menyambut massa yang berunjuk rasa (bawah).

sa mengaku sebagai pencuri dengan cara diintimidasi, dipukul hingga disuruh gigit sandal. Pada 20 Januari 2010, MA menyatakan SR tidak bersalah dan memulihkan hakhak terdakwa dalam kemampuan, kedudukan dan harkat serta martabatnya.

SURABAYA, (BM) – Kritikan tajam menyasar kepala daerah yang ikut berunjuk rasa menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Para kepala daerah tak menggubris ancaman Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi bakal memecat mereka yang ikut menentang kebijakan pemerintah pusat ini.

 HALAMAN 7

 HALAMAN 7 GEDUNG PN CIBINONG: Kasus gugatan pelajar SD kepada Kapolsek Bojong gede yang mulai disidang pada Selasa (27/3).

Alamat Redaksi: Jl. Tunjungan No. 86 Surabaya Telp: 031 - 5318686, 5323414 Email: red_beritametro@yahoo.co.id

FB: Beritametro Surabaya


RABU, 28 MARET 2012

PARLEMEN

Rully Geser Agun Jadi Ketua Fraksi Golkar MPR JAKARTA, (BM) – Fraksi Partai Golkar merombak kursi pimpinannya di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Rully Chairul Azwar resmi dilantik menjadi Ketua Fraksi Partai Golkar menggeser Agun Gunandjar Sudarsa yang kini memimpin Komisi II DPR. Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie dan disaksikan Ketua MPR Taufik Kiemas, Wakil Ketua MPR Hadjriyanto Y Thohary dan Farhan Hamid, pimpinan Fraksi Golkar DPR Setya Novanto dan Ade Komaruddin, di DPR Senayan Jakarta. Dalam sambutannya, Ketum PG Aburizal Bakrie berpesan kepada kadernya di DPR dan MPR supaya ikut menghentikan perilaku intrik dan fitnah politik yang dikembangkan pihak lain. Ical –sapaan akrab bos Bakrie Grup itumeminta para kader beringin untuk tidak sertamerta mengikuti “ajakan” orang lain tentang akan adanya revolusi besar, Indonesia akan bangkrut dan pecah. Aburizal mengingatkan kepercayaan publik terhadap partai politik semakin menurun, mereka curiga terhadap parpol. Tugas Golkar adalah mengembalikan kepercayaan publik. “Jangan ada kader Golkar yang ikut menari di atas gendang orang lain. Semua harus yakin bahwa Indonesia tetap utuh. Harus kita buktikan bahwa kita bukan bangsa indon,” katanya. Usai pelantikan, Rully Chairul Azwar berharap, MPR bisa mengawal pembentukan karakter bangsa yang menurutnya sudah sangat mendesak untuk dilaksanakan. Karena, indikasi terjadinya konflik horizontal sudah mulai mencuat. Misalnya, munculnya gerakan bacok nasional untuk menentang koruptor, tawuran antarkampung, perilaku anarkhis, tidak adanya budaya malu, dan sebagainya. “Dengan ditiadakannya pendidikan P4 sejak reformasi 1998 yang lalu, perkembangan karakter bangsa cukup mengkhawatirkan, untung saja ada program 4 pilar yang digelorakan pimpinan MPR,” kata Rully. Rully menilai, program 4 pilar bagaikan hawa yang menyejukkan di tengah teriknya matahari yang memanasi masyarakat Indonesia. Program itu, tambahnya, memberikan harapan yang lumayan untuk upaya pembentukan karakter bangsa. (arw/ant)

TOLAK HARGA BBM

FOTO: BM/DOK

Sonny Pudjisasono

Parpol Nonparlemen Ikut Demo JAKARTA, (BM) – Unjuk rasa menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) tak hanya dari mahasiswa dan partai politik oposisi di Jakarta, Selasa (27/3). Sejumlah partai nonparlemen pun ikut turun jalan menentang kebijakan pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono yang akan dipraipurnakan di DPR, Kamis (29/3) nanti. Beberapa partai gurem yang berunjuk rasa yakni Partai Buruh, Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU), dan Partai Bulan Bintang (PBB). Ketua Umum DPP Partai Buruh Sonny Pudjisasono menegaskan, keterlibatan Partai Buruh di dalam aksi tersebut sama sekali bukan bentuk manuver politik, apalagi untuk pencitraan. “Sikap kami memang menolak kenaikan harga BBM. Tapi, aksi ini bukan untuk berpolitik, bukan untuk pencitraan, apalagi menunggangi. Kami menjadi penyambung lidah rakyat bahwa kenaikan harga BBM menyengsarakan rakyat,” katanya. Sonny menampik jika ada yang menganggap bahwa aksi penolakan terhadap kenaikan harga BBM tidak murni dari masyarakat, namun dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak senang kepada pemerintah atau pihak-pihak yang memiliki tujuan tertentu. “Kita berharap demonstrasi serentak ini tidak dikatakan ditunggangi, ini asli dari hati nurani masingmasing. Ini harus didengar penentu kebijakan. DPR jangan menutup mata dan telinga,” katanya. Ketua Umum DPP PKNU Choirul Anam mengatakan, ketika pemerintah sudah tidak mau mendengar masukan dan pemikiran berbagai kalangan masyarakat, maka unjuk rasa perlu dilakukan agar aspirasi rakyat didengar. “Semua sudah tahu alasannya kenapa BBM jangan sampai naik. Nah, sekarang ini saatnya demo karena usulan, masukan sudah tidak didengar. Yang penting jangan anarkis,” katanya. (arw/ant)

2

POLITIK

Firman Abadi: Kontrak politik itu harus diteken Foke, Alex dan calon lainnya di atas materai.

Tantang Cagub DKI Kontrak Politik Warga Tak Mau Tertipu Janji Pesta demokrasi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) selalu menjadi ajang tebar janji para kandidat. Tak terkecuali Pemilihan Gubernur DKI Jakarta. JAKARTA, (BM) – Beragam janii sudah ditebarkan enam pasang calon gubernur-wakil gubernur yang resmi mendaftar, kendati Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum memulai masa kampanye. Agar tak terbuai janji palsu, sejumlah elemen masyarakat meminta kontrak politik kepada seluruh kandidat DKI 1. Hal ini agar masyarakat tidak tertipu dan tidak termakan janji-janji muluk yang ditebarkan para kandidat. Tercatat, semua calon yang resmi terdaftar di KPU sudah menebar janji-janjinya. Isinya pun bervariasi. Cagub Partai Golkar, Alex Noerdin-Nono Sampono misalnya, menyatakan siap mundur dari jabatannya jika selama tiga tahun masa kepemimpinannya tak berhasil mengatasi kemacetan di Kota Jakarta. Duet kandidat lain yang diusung Partai Keadilan Sejahtera, Hidayat Nur Wahid-Didik Junaedi Rachbini juga berjanji akan mengubah Jakarta menjadi kota yang bebas macet. Mereka akan fokus terhadap program transportasi massal. “Kalau Bangkok bisa, maka Jakarta harus bisa,” kata Didik. Pasangan Joko Widodo dan Basuki Tjahaya Purnama berjanji akan fokus menyelesaikan persoalan langsung di lapangan. “Kami hanya di kantor satu jam, dari pagi sampai malam akan ada di lapangan, sehingga tahu masalah riil di lapangan,” kata Jokowi. Adapun Hendardji dan Ahmad Riza Patria dari jalur independe berjanji mengurangi pembangunan bangunan komersial dan meningkatkan pembangunan pasar tradisional, untuk membantu perekonomian masyarakat menengah ke bawah. Tak mau kalah, Faisal Basri-Biem Benyamin pun sesumbar akan membuat Jakarta aman, nyaman, dan tenteram. Pasangan ini berniat membatalkan pembangunan tol dalam kota, karena dianggap tidak mampu mengatasi kemacetan, dan akan menambah jumlah ruang terbuka hijau. Janji agak nyleneh dilontarkan calon incumbent Faazi Bowo (Foke). Cagub

Partai Demokrat ini merasa tak perlu menebar janji lain karena warga Jakarta sudah melihat sendiri rekam jejaknya selama lima tahun menjabar Gubernur Jakarta. Foke bersama – Nachrowi yang disebutsebut sebagai kandidat paling basah hanya berjanji akan berkompetisi di Pilkada DKI Juli mendatang secara fair. “Kami juga siap berkompetisi dengan terbuka, jujur, dan kompeten,” jelas Foke. Janji-janji para calon inilah yang dikhawatirkan hanya kamuflase untuk membuai masyarakat calon pemilih. “Warga Jakarta terpesona dengan janji-janji tersebut. Biasanya kalau sudah jadi (terpilih

menjadi gubernur) biasanya mereka tidak konsisten dengan janjinya tersebut,” tandas Ketua Slanker Jakarta, Firman Abadi. Untuk itu, pihaknya mendesak para calon yang resmi lolos verifikasi KPU nantinya, harus menjalin kontrak politik dengan warga ibukota. Kontrak politik ini untuk mengikat komitmen para calon terhadap janjinya tersebut. “Kontrak politik itu harus diteken Foke, Alex dan calon lainnya di atas materai,” papar Firman. Kontrak politik itu, lanjutnya, juga disahkan di depan Notaris dan disaksikan oleh para saksi yang terdiri dari para tokoh masyarakat, pimpinan

LSM dan Ormas agar memiliki landasan hukum yang kuat. Firman menambahkan, kontrak politik para calon gubernur DKI memang hal yang baru dan harus dicoba. Hal itu penting dilakukan agar warga Jakarta pada Pemilukada DKI Jakarta dan pemilukada berikutnya tidak lagi memilih kucing dalam karung seperti yang terjadi selama ini. Firman menegaskan, warga Jakarta harus meragukan komitmen calon yang tidak berani meneken kontrak politik. “Karena kalau berani dan merasa mampu, mereka (cagub-cawagub) pasti tidak takut,” pungkasnya. (arw/rm)

DPR Sahkan Anggota KPU-Bawaslu Terpilih KomisionerTerpilih Desak DewanTuntaskan RUU Pemilu JAKARTA, (BM) - Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat RI Selasa (27/3) mengesahkan tujuh pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan lima anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Pengesahan disampaikan Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso yang memimpin jalannya sidang yang diwarnai hujan interupsi soal pembahasan penaikan bahan bakar minyak (BBM) subsidi. Priyo mempertanyakan kepada seluruh anggota sidang apakah hasil pemilihan anggota KPU dan Bawaslu oleh Komisi II bisa segera disahkan. “Terhadap hasil pemilihan anggota KPU dan Bawaslu periode 2012-2017 oleh Komisi II DPR, berikut dengan nama-nama yang saya bacakan tadi, apakah Paripurna bisa menerima dan menyetujuinya?” tanya Prioy. Pertanyaan politisi Partai Golkar ini langsung dijawab setuju

oleh anggota sidang. Mendapatkan jawaban tersebut, ia selanjutnya mengucapkan selamat kepada anggota KPU dan Bawaslu terpilih untuk bertugas sebagai penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu). “Atas nama pimpinan dan dewan, kami ucapkan selamat kepada anggota KPU dan Bawaslu terpilih,”terangnya. Lebih lanjut Priyo berharap KPU dapat bekerja secara profesional, mandiri dan independen untuk menyebarkan rasa aman di dunia politik. DPR RI, tambahnya, menaruh harapan besar pada jajaran anggota KPU yang baru agar membawa perubahan dari ketimpangan-ketimpangan yang terjadi sebelumnya. Sebaliknya, komisioner KPU terpilih ini berharap dewan segera menyelesaikan pembahasan Rancangan Undang-Undang Pemilu disahkan menjadi undang-un-

dang, paling lambat bulan April. Hal itu penting sebagai dasar hukum bagi KPU untuk memulai kerjanya secara efektif menyiapkan proses pemilu. “Kalau April (baru disahkan), tentu tidak apa-apa karena mereka (DPR) membutuhkan waktu. Tetapi jangan molor lagi, karena kami butuh undang-undang tersebut untuk membuat aturanaturan,” kata anggota KPU, Hadar Nafis Gumay, saat ditemui di gedung DPR, kemarin. Sidang juga diikuti 7 anggota KPU terpilih masing-masing Sigit Pamungkas, Ida Budhiati, Arief Budiman, Husni Kamil Manik, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, Hadar Nafis Gumay, dan Juri Ardiantoro. Dan lima anggota Bawaslu terpilih yakni Muhammad, Nasrullah, Endang Wihdatiningtyas, Daniel Zuchron, dan Nelson Simanjuntak.

FOTO: BM/DOK

riyo Budi Santoso

Setelah disahkan oleh pimpinan DPR, kata Priyo, anggota KPU dan Bawaslu terpilih nantinya akan segera disampaikan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk dilantik pada 9 April 2012.

Sebelumnya, Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat telah memilih tujuh dari 14 calon anggota Komisi Pemilihan Umum periode 2012-2017 melalui proses voting, Kamis (22/3) malam. (arw/inc)

Negara Dikendalikan Penguasa Politik dan Konglomerat

Hasilkan Kebijakan Transaksional yang Untungkan Elit Politik dan Cukong JAKARTA, (BM) – Kebijakan pemerintah yang berkuasa tak pernah lepas dari intervensi kelompok konglomerat yang menjadi cukong di negeri ini. Hal ini menyebabkan, hampir setiap kebijakan strategis politik dan pemerintah, termasuk kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia kental dengan aroma transaksional. Ujungnya, setiap kebijakan politik akan menguntungkan segelintir pemodal dan elit politik yang penguasa. Demikian analisis disampaikan pengamat politik Universitas Indonesia Boni Hargens. Me-

nurutnya, rezim yang berkuasa saat ini sejatinya adalah sekelompok kecil konglomerat yang naik ke panggung politik. “Mereka memperlakukan negara sebagai bisnis untuk akumulasi modal, maka muncullah pola pengambilan keputusan politik yang transaksional sebagaimana terjadi dalam ekonomi,” papar Boni dalam diskusi “Kenaikan Harga BBM, Beratnya Hidup Rakyat, dan Pergantian SBY Konstitusional” di Rumah Perubahan Jakarta, Selasa (27/3). Boni menjelaskan, perpaduan

antara peran konglomerat dan elit politik dalam panggung penyelenggaraan negara memaksimalkan kedudukannya masingmasing sangat klop dan hanya menguntungkan kedua pihak. Konglomerat biasanya bermain di balik panggung politik dan bermain secara tidak langsung. Sementara para tokoh dan elit politik duduk nyaman memainkan perannya sebagai petinggi partai politik atau bahkan menjadi pendiri partai. “Konglomerat di Indonesia menjadi pemimpin partai karena memang secara ‘de facto’, Indonesia ini

sedang mengalami kekosongan kekuasaan,” tuturnya. Boni kemudian menceritakan bagaimana runtutan masuknya konglomerat ke dunia politik di Indonesia yang dimulai sejak masa reformasi 1998. “Pada saat reformasi, kita berhasil menumbangkan kekuasaan tunggal dari tentara yang menjadi rezim selama lebih dari 30 tahun, namun partai politik yang seharusnya menjadi lokomotif transisi demokrasi gagal menggantikan tentara,” tandasnya. Boni berpandangan bahwa

partai setelah reformasi hanya menjalankan fungsi rekrutmen politik untuk mengisi jabatan-jabatan publik seperti menteri atau anggota parlemen, namun fungsi lain seperti pendidikan politik dilupakan. Tidak berjalannya fungsi partai ini menurut Boni telah membuat sebagian kelompok agama jengah dan akhirnya ikut berurusan dengan politik dengan mendirikan organisasi masyarakat atau bahkan partai baru. “Dua kekuatan politik besar di Indonesia ini, partai dan agama, ternyata gagal menjalan-

kan fungsinya, tentara sebagai kekuatan lain juga sudah tidak mempunyai peluang untuk kembali berkuasa. Pada titik inilah Indonesia secara ‘de facto’ mengalami kekosongan kekuasaan,” kata dia. Kekosongan medan politik inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh konglomerat untuk tampil. Mereka menurut Boni, meskipun satu sama lain berbeda partai telah membentuk suatu jaringan yang mirip dengan kartel. “Kartel konglomerat inilah yang membuat keputusan politik di Indonesia menjadi

bersifat transaksional,” kata dia. Boni mengungkapkan bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah terjebak dalam sistem oligarki konglomerat ini dan oleh karena itu dikendalikan oleh prinsip ‘tangan-tak-terlihat’ yang mendasari politik dan bisnis transaksional. “Sebagai anak desa dari Pacitan, dia tentu tahu bagaimana penderitaan rakyat jika subsidi bahan bakar minyak (BBM) akan dikurangi. Namun dia terjebak dalam sistem oligarki dan tidak ada apapun yang bisa dia lakukan,” kata Boni. (arw/ant)


RABU, 28 MARET 2012

3

KEADILAN

Pangeran: Apabila seluruh hartanya tak mencukupi, maka diganti dengan pidana penjara selama satu tahun.

FOTO:BM/IST

Robert Tantular

SKANDAL CENTURY

Bekas Staf KPK Divonis Empat Tahun Gelapkan Uang Sisa Perjalanan Dinas JAKARTA, (BM) - Bekas staf Administrasi Kesekretariatan pada Deputi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Endro Laksono, dijatuhi vonis selama empat tahun dan enam bulan penjara oleh majelis hakim pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Majelis hakim menyebut, Endro selaku bendahara pembantu pengeluaran di deputi pencegahan KPK, terbukti menggunakan uang sisa perjalanan dinas untuk kepentingan pribadi. SELAIN hukuman penjara, Endro juga dikenakan pidana denda Rp 50 juta subsider tiga bulan kurungan. Ketua Majelis Hakim Pangeran Napitupulu menyatakan, Terdakwa juga diharuskan membayar uang pengganti sebesar Rp 388,8 juta. Ia menegaskan, jika setelah satu bulan setelah putusan berkekuatan hukum tetap (inkracht) belum dibayarkan, seluruh harta benda Endro disita dan dilelang oleh negara. “Apabila seluruh hartanya tak mencukupi, maka diganti dengan pidana penjara selama satu tahun,” kata Pangeran saat membacakan putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (27/3). Pangeran menegaskan, tedakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dalam Pasal 8 jo Pasal 18 UU Pemberantasan Korupsi jo Pasal 64 KUHP. Adanya putusan untuk membayar uang pengganti, meski di dalam dakwaan Jaksa tidak dicantumkan, lantaran majelis dari hasil persidangan diketahui, Endro telah mengambil uang yang kemudian diserahkan ke seseo-

rang yang bernama Syamsu Maarif. Atas dasar itu, pihaknya berpendapat bahwa terdakwa Endro patut dikenakan uang pengganti. Endro sebagai pegawai KPK saat itu sengaja menggunakan uang sisa perjalanan dinas periode 2009 pada bagian Bendahara Pembantu Deputi Pencegahan KPK. Duit itu sebelumnya disimpan dalam kas kecil yang kunci dan kodenya dipegang dan diketahui Endro. Berdasarkan keterangan saksi, terdakwa menggunakan uang Rp 388 juta berkali-kali untuk pribadi. Perbuatan itu dilakukan terdakwa dengan penuh kesadaran atau terdakwa dengan sengaja menggunakan uang tersebut secara pribadi dan terus-menerus. Terdakwa juga tidak bisa mempertanggungjawabkan uang Rp 388 juta yang berada di bawah penguasaannya. “Maka majelis berpendapat unsur dengan sengaja telah terpenuhi,” ujar hakim anggota, Tatik Hadiyanti. Uang diserahkan Endro kepada seorang paranormal bernama Syamsuri Ma’arif untuk dilipatgandakan secara gaib. Syamsuri

selalu minta uang kepada terdakwa dengan janji akan diberikan hasil berlipat. Namun, sampai sekarang, belum jadi kenyataan dan Syamsuri sudah melarikan diri. Endro tercatat pernah menyetor sejumlah duit secara tunai kepada Syamsuri Ma’arif dan 28 kali melakukan transfer ke BNI cabang Subang atas nama Lina Kartika alias Leni, putri Syamsuri, senilai total Rp 152,5 juta. Namun Syamsuri dan Leni berstatus buron sejak dua bulan lalu. Sebelum buron, Syamsuri sempat diperiksa

sebagai saksi untuk Endro. Dalam pemeriksaan tersebut, Syamsuri sempat berjanji mengembalikan uang Endro yang dia tadah sebesar Rp 1 miliar. Ditemui usai sidang, Endro Laksono mengaku keberatan atas vonis hakim yang memintanya membayar uang pengganti sebesar Rp 388 juta. Terdakwa kasus penggelapan itu beralasan uang negara yang digelapkan sudah diganti dari uang saweran sejumlah koleganya di KPK. “Uang pengganti kan sudah ditalangi, kok, saya masih harus diminta membayar? Bahkan yang saya dengar, jumlah uang yang

dikumpulkan teman-teman lebih besar (dibanding duit yang digelapkan). Kabarnya sampai Rp 500 juta,” kata Endro di Pengadilan Tiipikor, Jakarta, Selasa (27/3). Kuasa hukum terdakwa, August Pasaribu, menambahkan, beberapa pejabat di bagian Deputi Pencegahan KPK sudah “iuran” membayar kerugian kas yang ditilap Endro. Mereka menyumbang dengan jumlah yang variatif, di antaranya Rp 180 juta, Rp 50 juta, Rp 20 juta, dan Rp 5 juta. “Alasannya menjaga kredibilitas KPK agar tahun berikutnya mendapatkan anggaran lagi,” ujarnya. (arw/grn/tpi)

JAKARTA, (BM) - Mantan pemilik Bank Century, Robert Tantular kembali harus gigit jari. Upaya bekas terpidana penggelapan dana Century itu merebut harta kekayaannya yang disita dalam kasus korupsi Hesham Al Waraq dan Rafat Ali Rizvi dimentahkan kasasi Mahkamah Agung (MA). “Menolak kasasi terdakwa,” kata Ketua Majelis Hakim Kasasi, Artidjo Alkotsar dalam putusan yang dilansir situs resmi MA, Selasa (27/3). Putusan ini dijatuhkan Artidjo, Sofyan Sitompul dan Achmad Yamanie pada 15 Desember 2011. Menanggapi penolakan ini, kuasa hukum Robert Tantular, Triyanto, mengaku kaget sebab dirinya baru mendengar hal tersebut. “Saya baru dengar dan belum bisa berkomentar banyak. Tapi pada prinsipnya, harta Robert itu disita lewat putusan pidana Hesham dan Rafat. Seharusnya kalau mau merampas harta Robert, ya disidangkan lagi. Kami akan pelajari dulu putusan kasasi tersebut,” ujar Triyanto. Seperti diketahui, Hesham Al Warraq dan Rafat Ali Rizvi yang disidang secara in absentia, diganjar hukuman penjara 15 tahun penjara dan ganti rugi Rp 3,115 triliun oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat karena terbukti melakukan tindak pidana korupsi dan pencucian uang dalam kasus Bank Century. Hukuman ini lebih ringan dari tuntutan jaksa yaitu 20 tahun penjara. Dalam putusan ini, harta Robert masuk dalam amar putusan untuk ikut dirampas. Mendapati putusan ini, Robert tidak terima dan mengajukan perlawanan. Namun MA menolak permohonan Robert di pengadilan kasasi. (arw/grn)

SKANDAL SUAP

FOTO:BM/ANTARA

DIVONIS: Mantan pegawai pada Deputi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Endro Laksono (kiri), didampingi penasehat hukumnya saat menjalani sidang Pembacaan vonis di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Selasa (27/3).

Skandal Sukhoi Mandeg di KPK Koalisi Masyarakat Sipil Sudah Serahkan Bukti JAKARTA, (BM) – Pengusutan dugaan kasus korupsi pembelian enam pesawat Sukhoi mandeg di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kendati sudah mengantongi restu presiden untuk mengusut pihak-pihak yang diduga terlibat, termasuk Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, namun hingga kini komisi yang dibidani Abraham Samad itu belum menaikkan kasus ini ke penyelidikan. Padahal sejumlah pihak sudah melaporkan dugaan skandal mark up uang negara triliunan rupiah ini,

lengkap dengan barang buktinya. Komisi anti korupsi berdalih kasus yang dilaporkan Koalisi Masyarakat Sipil tersebut itu masih dikaji. masih berada. “Masih ada di Bagian Pengaduan Masyarakat untuk ditelaah,” ujar juru bicara KPK, Johan Budi S.P., Selasa (27/3). Pegiat Indonesia Corruption Watch, Adnan Topan Husodo yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil saat konferensi pers di kantor Kontras, mengatakan pengadaan pesawat tersebut diduga bermasalah. Harga

Purnomo Yusgiantoro

Murman Effendi

Kepala Dinas PU Seluma Tersangka Korupsi JAKARTA, (BM) – Satu lagi pejabat daerah yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, Erwin Paman, ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap yang dilakukan oleh Bupati Seluma Murman Effendi. Hal ini diungkapkan Juru Bicara KPK Johan Budi SP. Johan mengatakan, penetapan Erman Parman, sebagai tersangka merupakan pengembangan penyidikan dari perkara yang melilit Bupati Seluma. “Kepala Dinas PU Seluma sudah jadi tersangka. Yang bersangkutan diduga (disangkakan) melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf a dan b, atau Pasal 13 UU No 31/99 sebagaimana diubah menjadi UU No 20/2001 juncto Pasal 55 ayat 1 kesatu KUH Pidana,” ujar juru bicara KPK, Johan Budi, melalui pesan singkat, Selasa (27/3). Sebelumnya, Bupati Seluma, Murman Effendi ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait pengesahan Peraturan Daerah (Perda) di Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu. Murman diduga memberikan atau menjanjikan sesuatu kepada penyelenggara negara. Pemberian itu disinyalir berkaitan dengan penerbitan Perda Nomor 12 Tahun 2010 tentang Pengikatan Dana Anggaran Pembangunan Infrastruktur Peningkatan Jalan dengan Konstruksi Hotmix dan Jembatan. Murman telah divonis dua tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikory), Jakarta. Murman bersalah dalam kasus suap terkait dengan proyek pembangunan jalan dan jembatan tahun jamak berbiaya Rp 381 miliar. Mantan Ketua DPD Partai Demokrat Bengkulu ini juga dikenai denda Rp 100 juta, atau diganti kurungan tiga bulan penjara. (arw/grn)

MA Tolak Kasasi Robert Tantular

pesawat mencapai 54,8 juta Dollar AS diduga telah digelembungkan. Pada pengadaan pertama 2003 lalu, harga pesawat ini hanya 41,5 juta Dollar AS per unit. Lalu, pada pengadaan tahun 2006, seharga 45,5 juta Dollar AS per unit. Adnan juga mengatakan pemerintah tidak membuka kontrak pembelian dan rincian detail pengadaan enam unit pesawat Sukhoi SU 30-MK2 sehingga menimbulkan dugaan proyek ini ditutup-tutupi. Sebelumnya, Direktur Eksekutif Imparsial Poengky Indarti, salah satu unsur Koalisi, di kantor KPK beberapa waktu lalu mengatakan dugaan markup tergambar dari adanya pelibatan pihak ketiga, PT Trimarga Rekatama, dalam pembelian Sukhoi dari perusahaan Rusia, JSC Rosoboronexport Rusia. Pengadaan pesawat yang melibatkan pihak ketiga ini dianggapnya melanggar ketentuan. “Apalagi ada perwakilan kantor perusahaan Rusia itu di Indonesia,” tandas Poengky. Menurutnya, kebijakan tersebut mengakibatkan harga semakin tinggi, dari 55 juta Dollar AS per unit pada 2010 menjadi 83 juta Dollar AS pada 2011. Poengky menduga ada fee 15-20 persen dari harga barang yang telah digelembungkan itu. Akibatnya, negara ditaksir mengalami kerugian sekitar 70 juta Dollar AS atau sekitar Rp 700 miliar. (arw/tpi)

Pemeriksaan Tersangka, Walikota Semarang Mangkir JAKARTA, (BM) – Tersangka kasus suap, Walikota Semarang Soemarmo Hadi mangkir dari pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (27/3). Soemarmo mangkir dari panggilan pemeriksan pertamanya sebagai tersangka dengan alasan sakit. “Beliau kondisinya kurang sehat, kita ketahui kondisi beliau memang lemah, tadi kita sudah sampaikan surat keterangan sakit dari RS umum kota Semarang,” ujar Pengacara Soemarmo Hadi, Hendra Heriansyah, di KPK, Jakarta, Selasa (27/3). Hendra menjelaskan, kliennya terserang gejala tifus atau demam typhoid, dan dianjurkan untuk istirahat selama tiga hari. “Beliau sakit demam typhoid, surat dokternya disuruh istirahat tiga hari,” katanya. Pihaknya juga telah menyampaikan surat yang menjelaskan kliennya berhalangan hadir dalam pemeriksaan sebagai tersangka, kepada dua orang penyidik KPK. Soemarmo diduga turut terlibat dalam suap dengan tujuan memuluskan pembahasan APBD 2011 - 2012, yakni agar Rancangan Peraturan Daerah APBD yang meliputi Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) serta Tambahan Penghasilan Pegawai disetujui dewan. (arw/inc)

Walikota Semarang Soemarmo Hadi.

KPK Gembleng 600 Penyidik Korupsi Dari Kepolisian dan Kejaksaan SEMARANG, (BM) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bergerak cepat membongkar kasus-kasus korupsi yang menggurita dilakukan kepala dan pejabat daerah di tingkat eksekutif maupun legislatif. Setelah berturut-turut menjerat sejumlah kepala daerah ditetapkan sebagai tersangka hingga ada beberapa yang sudah dijebloskan penjara, komisi anti korupsi kembali memuat gebrakan. Abraham Samad cs menggembleng 600 calon pendekar anti korupsi yang akan bertugas sebgaai penyidik di daerah. Sebanyak 600 penyidik ini berasal dari korps kepolisian dan kejaksaan yang selama ini bertugas di bidang tindak pidana korupsi.

Pelatihan pertama digelar di Semarang dengan 160 peserta dari penyidik dan penuntut tindak pidana korupsi, Selasa (27/3). “Pelatihan ini bagian dari supervisi dan monitoring KPK dalam memerangi korupsi,” kata Wakil Ketua KPK Zulkarnaen, yang membuka acara. Wakil Ketua Bidang Penindakan ini tak menampik jika lembaganya tengah gencar membidik tipikor di daerah. Dan penggemblengan kepada 600 penyidik ini merupakan bagian dari program akselerasi pemberantasan tipikor di daerah. Menurut Zulkarnaen, kasus dugaan korupsi yang harus ditangani KPK sangat banyak. Setiap tahun, KPK menerima

Zulkarnaen

laporan sekitar 6.000 kasus dugaan korupsi. Dari jumlah itu, kasus yang ditangani KPK selama setahun

adalah sekitar 50-an kasus. “Makanya kita perlu keroyok bersama-sama untuk menangani kasus korupsi,” katanya. Zulkarnaen menyatakan para pemimpin KPK menyadari bahwa perkara tindak pidana korupsi tak cukup hanya oleh KPK. “KPK itu berapa orang? Itu saja penyidik dan penuntutnya juga dari kepolisian dan kejaksaan,” katanya. Zulkarnaen yang juga mantan pejabat kejaksaan ini berharap agar ada sinergi antara KPK dan kejaksaan maupun kepolisian. Tahun ini, kata Zulkarnaen, KPK juga melakukan supervisi terhadap 128 perkara dan koordinasi 64 perkara yang ditangani kejaksaan dan kepolisian. Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah, Inspektur Jenderal Didiek

Sutomo Triwidodo mengapresiasi langkah KPK ini. Sebab, ia menyadari masih banyaknya kendala bagi kepolisian dalam menangani kasus tindak pidana korupsi. Kendala yang muncul mulai dari butuh izin Presiden RI untuk memeriksa seorang kepala daerah yang terlibat dalam kasus dugaan korupsi hingga minimnya anggaran untuk menangani kasus korupsi. “Per kasus korupsi hanya diberi anggaran Rp 24 juta,” kata Didiek. Dalam pelatihan ini, materi yang diberikan KPK antara lain implementasi undang-undang pencucian uang; teknik pembuktian; asset tracing; teknik penyelidikan, penyidikan, hukum pertambangan, metode, dan teknik penghitungan kerugian negara; penghapusan dan pemindahtanganan aset; pengelolaan keuangan daerah; hingga teknik investigasi korupsi barang dan jasa pemerintah. (arw/tpi)


TAJUK

Pemimpin Paranoid dan Oportunis HARI Pertama unjuk rasa demonstran anti kenaikan BBM di pelosok tanah air, Selasa (27/ 3) masih dalam ambang wajar. Hanya beberapa daerah, seperti di Makasar sempat terjadi bentrokan mahasiswa-warga-aparat kepolisian. Itu pun belum mengarah kepada anarkis, karena aparat dibantu TNI juga mampu menjaga tempat-tempat strategis dan vital agar kepentingan masyarakat tidak terganggu. Muara demonstrasi di Jakarta yang awalnya tertib, menjelang sore kemarin sedikit memanas. Laporan dari rekan yang ikut meliput, sedikitnya ada 5 mahasiswa pingsan akibat saling dorong dan terkena perlakuan agak kasar dari petugas. Hanya saja, ada sesuatu yang menggelitik ketika Usman Hamid, aktivis 98, juga Dewan Pengurus Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) dan pengamat politik Universitas Indonesia (UI) Donny Gahral menganalisasi sikap pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terlalu paranoid. Ketika SBY yang saat ini sedang melakukan lawatan ke luar negeri meminta ada antisipasi terhadap gerakan demo anti kenaikan BBM. Melibatkan TNI, secara tidak langsung mengerdilkan keberadaan kepolisian sebagai aparat yang bertugas memberikan pengayoman dan melindungi masyarakat. Sedang TNI lebih fokus pada pertahanan dan ancaman bersenjata. Pernyataan Mendagri Gamawan Fauzi mengancam Kepala Daerah yang ikut turun ke jalan mendukung penolakan kenaikan harga BBM, juga mendapat reaksi. Bambang DH, Wakil Walikota Surabaya, Fuad Amin, Bupati Bangkalan dan Wakil Walikota Solo menyatakan tetap menampung aspirasi daerah agar didengar di pemerintahan pusat. Bambang malah siap dipecat daripada mengikuti prilaku Mendagri yang oportunis. Bagi kami, dua kata paranoid dan oportunis merupakan sindiran dan fakta terhadap kondisi bangsa yang lagi karut-marut. Belum adanya kekompakan mendahulukan kepentingan nasional oleh para pemimpin pemerintahan di pusat dan daerah tentu menjadi benang kusut yang sulit ditegakkan. Mengapa? Pertama, liarnya intrik dan persaingan di lingkaran parpol untuk tetap bercokol di tapuk kekuasaan sehingga segala cara dilakukan. Kedua, suara pemerintah belum mampu menjadi penyeimbang dari penguasa parpol yang lebih memilih berseberangan dengan kebijakan birokrasi dan memilih menjadi oposisi. Kemauan dan kesadaran untuk memilih yang terbaik dari alternatif dan solusi terkadang menjadi pemicu siapa yang sebenarnya paranoid dan berprilaku oportunis! Sebab, secara etimologi oportunis berasal dari kata serapan bahasa inggris yaitu “oportunity” atau peluang, sedang imbuhan “is” dibelakang menyatakan “isme” sifat atau faham, maka oportunis itu lebih tepat dinyatakan sebagai faham atau tabiat yg cenderung mempergunakan kesempatan semaksimal mungkin apapun alasan dan tujuannya. Jadi, penyakit paranoid dan oportunis sebenarnya bisa menyerang pada diri kita. Kebiasaan merespon segala informasi dan kebijakan secara brutal dan tanpa balance (penyeimbang) tentu menjadi bumerang di kemudian hari. Siapa pun pejabat dan orang yang berkuasa, ketika mengabaikan kepentingan nasional, menyepelekan hak-hak rakyat, maka sangat pas distempel sebagai pemimpin paranoid dan oportunis!. (*)

RABU, 28 MARET 2012

4

OPINI

Ahmad Husni: Kinerja positif ekonomi Indonesia tidak hanya dapat dilihat dari sajian data-data statistik BPS.

Ekonomi dalam Lembaran Survei Beberapa waktu lalu, Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei terbaru mengenai, Perubahan Politik 2014: Trend Sentimen Pemilih pada Partai Politik. OLEH: AHMAD HUSNI*

S

ELAIN melihat trend atau kecenderungan elektabilitas partai-partai politik terkini, survei itu juga mengukur persepsi publik terhadap kondisi politik, hukum, dan ekonomi Indonesia mutakhir. Melalui survei itu diketahui bahwa persepsi publik terhadap kondisi politik dan hukum di Indonesia terus memburuk. Namun, tidak seperti kondisi politik dan hukum, persepsi publik terhadap kondisi ekonomi Indonesia justru sebaliknya, yaitu menunjukkan nada positif. Hasil survei LSI itu menunjukkan, sebanyak 30 persen responden melihat kondisi ekonomi Indonesia saat ini lebih baik. Sementara itu, responden yang melihat kondisi ekonomi Indonesia saat ini lebih buruk dan tidak ada perubahan masing-masing sebesar 24 persen dan 35 persen. Lalu, enam persen responden menjawab tidak tahu/tidak jawab, sebanyak 2 persen menjawab jauh lebih baik, dan 2 persen lagi menjawab jauh lebih buruk. Artinya, hasil survei itu menujukkan bahwa

publik sangat mengapresiasi kinerja ekonomi Indonesia saat ini. Jika kita melihat sejumlah indikator statistik, memang akan menjelaskan bahwa terjadi capaian positif dalam ekonomi Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa pada 2011 perekonomian Indonesia mampu tumbuh mencapai 6,5 persen. Sementara itu, Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada 2011 atas dasar harga berlaku mencapai Rp 7.427,1 triliun dan atas dasar harga konstan (tahun 2000) Rp 2.463,2 triliun. Kinerja positif ekonomi Indonesia tidak hanya dapat dilihat dari sajian data-data statistik BPS tersebut. Kinerja positif ekonomi Indonesia juga dapat dilihat dari apresiasi dunia internasional, seperti pemberian peringkat layak investasi (investment grade) oleh lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings dan Moody’s Investor Service. Sekadar diketahui, Indonesia kehilangan posisi investment grade sejak tahun 1997 setelah dihantam krisis moneter. Istilah invest-

ment grade merujuk pada sebuah peringkat yang menunjukkan utang pemerintah atau perusahaan memiliki risiko yang relatif rendah dari peluang default atau gagal bayar. Sehingga, hal itu memiliki tingkat kepercayaan yang berkelanjutan dalam jangka panjang. Karena itu, investment grade diberikan kepada suatu negara yang memiliki fundamental ekonomi kuat, stabilitas politik dalam jangka panjang solid, dan memiliki manajemen anggaran pemerintah serta kebijakan moneter yang prudent. Hal ini ditandai dengan defisit anggaran yang rendah, rasio utang rendah, dan inflasi terkendali. Investment grade merupakan peringkat yang masuk kategori layak investasi. Kenaikan peringkat Indonesia menjadi negara layak investasi berdasarkan penilaian dua lembaga pemeringkat itu mencerminkan pengakuan dan apresiasi dunia internasional terhadap pencapaian ekonomi Indonesia. Indonesia dinilai memiliki daya tahan ekonomi sangat baik di tengah-tengah kondisi perekonomian global yang penuh ketidakpastian karena dihantui krisis. Di tengah kelesuan ekonomi Amerika Serikat dan negara-negara Eropa sebagai imbas krisis utang, peringkat Indonesia justru

mengalami kenaikan menjadi negara layak investasi. Pencapaian peringkat investment grade memiliki nilai sangat penting karena akan berpengaruh pada pandangan dunia terhadap iklim investasi di Indonesia. Posisi Indonesia di mata investor akan semakin menguat sehingga memperbesar peluang untuk bisa meningkatkan kegiatan investasi di Indonesia. Tidak saja di pasar obligasi dan saham, tapi juga penanaman modal langsung akan meningkat. Indonesia akan kian dilirik sehingga arus masuk modal asing akan semakin meningkat dan memperkuat cadangan devisa. Keberhasilan meraih kembali investment grade dapat diartikan bahwa Indonesia telah cukup kuat mengatasi krisis. Mengacu kepada beberapa indikator ekonomi saat ini, Indonesia memang sudah selayaknya masuk kategori investment grade. Beberapa indikator menjadi pentunjuk, seperti ekonomi tumbuh di atas 6 persen, rasio utang terhadap PDB berada pada angka 26 persen, dan defisit anggaran di bawah 2,5 persen. Beberapa indikator itu jelas merupakan capaian luar biasa di tengah carut marut kondisi ekonomi global yang menyebabkan posisi ekonomi sejumlah negara yang dianggap kuat

justru ambruk dan mengalami kejatuhan peringkat utang. Prestasi ini merupakan buah manis kerja tim ekonomi kabinet selama beberapa tahun terakhir ini. Hasil survei LSI itu secara tidak langsung telah mematahkan penilaian yang cenderung sinis dan penuh pesimisme dari berbagai pihak terutama kalangan ekonom selama ini terhadap capaian ekonomi Indonesia saat ini. Meskipun demikian, hasil surveI itu tidak boleh menjadi angin surga bagi pemerintah lalu kemudian terlena seakan apa yang dilakukan selama ini telah mencapai puncak keberhasilan. Sebaliknya, hasil survei LSI tersebut justru harus dijadikan sebagai pelecut bagi pemerintah untuk bekerja lebih keras memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari yang merupakan potret buram kehidupan seperti kemiskinan, masalah tenaga kerja, maupun tingkat pengangguran yang bisa melonjak karena pemutusan kerja sebagai dampak kenaikan bahan bakar minyak. Tentu, prestasi ekonomi pemerintah akan dipertaruhkan ketika kebijakan kenaikan harga BBM diberlakukan nanti. *Wakil Ketua DPD II KNPI Jakarta Selatan, mantan pengurus PB HMI periode 2008-2010.

PERMAK PAKAIAN Dengan mesin jahit tua layak pakai, Seorang penjahit sepesialis permak berbagai macam jenis pakaian dan celana jeans di Jl. Patua Surabaya sedang memperbaiki pakaian pelanggannya, Bervariasi harga yang di patok tergantung kesulitan mengerjakannya.

ASPIRASI

BLSM (BLT) Bobol Resistensi Rakyat AKHIRNYA Pemerintah berhasil membobol pertahanan Rakyat dengan menaikkan harga BBM bersubsidi naik Rp 1.500 perliter, kebobolan 1-0 untuk Pemerintah ini, memicu naiknya Sembilan bahan pokok. Mengapa ini terus terjadi, apakah tidak ada solusi yang konstruktif, kalau hanya mengganti nama dari BLT menjadi BLSM (Bantuan langsung Sementara Masyarakat) ‘toh’ hanya Rp 150.000/bulan, turun 100% dari program BLT sebelumnya Rp 150.000/KK. Menurut hemat saya Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) dengan skim Rp.1.50.000/bulan bukan solusi yang konstruktif. Perlu adanya muatan education, contoh kalau Rp 150.000 diberikan 9 kali maka jumlah total sebesar Rp 1.350.000/orang, skim ini harus dirubah menjadi sekali pembagian, bukan 8 kali, yaitu perorang menerima secara tunai Rp 1.350.000. Skim ini dapat diistilahkan memberi kail, bukan memberikan ikan , kalau dihitung jumlah penerima BLSM 18,500,000 KK x Rp.1.50.000 = Rp. 2,775,000,000,000 kalau dikalikan 8 bulan rencana distribusi BLSM adalah Rp.22,200,000,000,000, angka yang fantastis kalau dibuat pencitraan. Tetapi kalau model seperti yang saya uraikan di atas, memberikan BLSM dengan pola pengembangan usaha, maka Pemerintah minimal telah menciptakan wirausaha baru 18.500.000 kepala keluarga, apakah skim semacam ini sulit dijalankan? Saya kira tidak selama ada kemauan keras untuk membangun Negeri ini. Mas Miko Kadiv Perencanaan Kopindo Consult. Jl Lapangan Roos No.52 Selmis tebet Utara Jakarta Selatan

Diterbitkan oleh: PT. Berita Metro Jl Tunjungan No 86 Surabaya. www.kabarmetro.com

FOTO: BM/TOVAN BEKA

Suara Anda HSBC, Bisakah Kartu Kredit Ditutup? SAYA adalah pemilik 3 buah kartu kredit yang diterbitkan oleh HSBC. Dengan berbagai pertimbangan maka saya berniat menutup ketiga kartu tersebut. Pada tanggal 24 Maret 2012, Saya menghubungi HSBC dan mengutarakan niat saya tersebut. Oleh petugas Customer Service HSBC saya ditawari penghapusan membership fee tetapi saya tolak. Petugas Customer Service tersebut mengatakan bahwa kartu saya bisa ditutup setelah saya melunasi tagihan membership fee. Sangat tidak masuk akal jika saya harus membayar membership fee untuk periode yang tidak akan saya jalani. Setelah saya bersikeras tidak mau membayar tagihan tersebut, akhirnya petugas tersebut mengatakan bahwa hanya satu kartu saya yang bisa ditutup sedangkan dua kartu yang lain akan dihapuskan membership feenya. Mengapa begitu sulit untuk menutup

kartu kredit HSBC? Bukankah menutup kartu kredit adalah hak pemegang kartu? Irfan T. Setiawan Intan Regency Blok K No 6 Garut

SmartFren sering Bermasalah SAYA sudah lama memakai SmartFren. Dua minggu terakhir ketika sedang telp memakai SmartFren sering mengalami gangguan, tiba-tiba suara saya tidak bisa didengar lawan bicara saya sekitar 10-15 detik. Kemudian terdengar lagi, kondisi telepon tidak terputus, dan itu berulang kali. Jadi misal saya telepon selama 30 menit, ada sekitar 20 kali suara saya tidak didengar. Ini benar-benar mengganggu saya. Saya sudah ganti HP, dan hasilnya tetap sama. Tetapi kalau saya pergi keluar dari daerah Kebraon, tidak ada gangguan. Beberapa nomer lain mengalami gangguan yang sama: 08883344***, 08885065***, 088803099***, 08819490***. Jadi kesim-

KIRIM TULISAN OPINI DAN SUARA ANDA KE REDAKSI BERITA METRO

pulan saya jaringan di daerah Kebraon yang bermasalah. Saya sudah berulang kali telepon ke CS SmartFren. Tetapi sampai sekarang tidak ada upaya perbaikan. Yunita Nyotowijoyo Griya Kebraon Barat 5 / BE 9, Karangpilang Surabaya

Top Up di IM2 Broom Berhasil, Saldo tidah Masuk TANGGAL 6 Maret 2012 saya melakukan top up di IM2 Broom Indosat dengan voucher gesek sebesar Rp 100 ribu, diberitahukan bahwa transaksi berhasil. Akan tetapi pada saat jatuh tempo, internet saya diblokir dengan alasan saya belum melakukan isi ulang pada bulan Maret ini. Call centre Indosat yang saya hubungi membuatkan laporan, dan pada tanggal 14 Maret saya mendapat telepon dari

Anda punya keluhan tentang kebijakan dan pelayanan publik? Atau, Anda punya gagasan? Kirimkan email atau dengan cara SMS ke redaksi Berita Metro.

Indosat. Saya disarankan untuk membeli voucher lagi, agar internet saya tetap bisa digunakan. Disaat pengisian voucher yang ke-2, tidak berhasil dan keluar tulisan “voucher refil has been submitted, please check the status in transaction history to subscribe or renew indosat internet data package”, itu juga terjadi saat saya coba isikan ulang nomor voucher yang pertama yang konon kabarnya tidak masuk di sistem transaksinya IM2. Dengan dibantu customer service Indosat, voucher yang sudah saya masukkan yang di sistem top up indosat dinyatakan belum berhasil, malah bisa berhasil. Ketika saya menghubungi customer service lagi, dikatakan bahwa untuk kasus saya, masih harus menunggu balasan email dari Indosat. Lalu Kemana perginya pulsa saya? Tri Endah Pawestri Pesona Toronto YB2 Kota Wisata Cibubur, Bogor Email: red_beritametro@yahoo.co.id Hotline: +6231-5318686 SMS: +62 8564 6036 977

Komisaris: Mayjen TNI Sutarno Soepodo SH, Direktur Utama: AR Balhmar, Direktur: Djoko Tetuko, Pimpinan Perusahaan: H. Samiadji Makin Rahmat. Pimpinan Redaksi/Penangung Jawab Pemberitaan: M Habibullah. Wakil Pemimpin Redaksi: Al Khadaffi. Manager Keuangan: Silvia Umar Balhmar, Manager Iklan: Djuwariyah. Dewan Redaksi: AR Balhmar, H Djoko Tetuko, H. Samiadji Makin Rahmat, M Habibullah, Yahya A Waber, Tjipto Chandra, Marcella, Hadi Ismanto, M. Nabil Sekred: Farra Silviana, Redaktur Senior: R. Sulistyono, Herry Sunarya Redaktur: Ari Widura, E Prayogo, Hadi Pudjiantoro, Ibnu Hanif, Zamzami PuLang, Bambang Andrias, Reporter: Bambang, Arie, Hadi, Endray, Rofiqi, Ami, Ali, Fotografer: Tovan Bram Kumara, Soemadji, Pracetak: Ahmad Choironudin, Artistik/Tata Letak: Agus Wicaksono, Mufian Haris, Zainal Mustakim, Firman Hidayat, Hartoyo, Biro Jakarta: Marcella (Kord), Ferdy Nursyaf, Reza Firvano Perwakilan Daerah: Pasuruan: Supardi (kord). Gresik: Maruwar (kord). Mojokerto: Prayogi. Malang: Taufik (kord), Pungky S W , Suseno, Gunawan, Sidoarjo: Dicky Arista (Dea), Probolinggo: Subhi (kord), Madiun: Jumanto (kord), Kediri: Andik Kartika, Nganjuk: Roy Alexander, Tuban: Syaian (kord), Bojonegoro: Reono Pareno, Bogor: Omar Abdel, Bali: Rohmat. Sirkulasi/Pemasaran: Farid, Khairul. Alamat Redaksi: Jl Tunjungan No 86 Surabaya. Telp: 031 - 5318686, 5323414, Fax: 5323414, Percetakan: PT. Temprina Media Grafika Email: red_beritametro@yahoo.co.id. Tarif Iklan: Display (FC) Rp. 25.000 MMK (BW) Rp. 17.000 MMK, Sosial Rp. 10.000 MMK, Baris Rp.. 15.000 (Minimal 2 Baris)


RABU, 28 MARET 2012

5

METRO BISNIS

Iman Sugema: Harga BBM dinaikkan, tetapi kontraktor migas justru dibiarkan leluasa menghamburkan uang negara. HARGA EMAS

1,678,10/Ozt

INDEKS

22 MAR

26 MAR

%

IHSG Hang Seng Nikkei Nasdaq S&P 500 FTSE KLSE STI

4.041,56 20.866,5 10.126,7 3.075,32 1.402,89 5.891,95 1.585,34 2.996,12

4.045,87 20.633,16 10.031,37 3.067,92 0 5.854,89 1.587,08 2.987,55

0,11 -1,12 -0,94 -0,24 -100 -0,63 0,11 -0,29

9.155 IDR/USD

Rp. 522.107/gram

JUAL

IHSG 4.045,87

4.400,00 4.000,00 3.600,00 3.200,00 19/03

20/03

21/03

22/03

26/03

BELI

Rp. 501,223/gram

KURS

22 MAR 26 MAR

USD AUD JPY GBP SGD HKD EUR CHF

9.173 9.569,29 110.07 14.551,1 7.263,74 1.181,57 12.136,3 10.066,4

9.181 9.597,83 110.97 14.564,29 7.281,32 1.181,84 12.180,44 10.106,24

% 0,09 0,3 0,82 0,09 0,24 0,02 0,36 0,4

Berlaku sampai tanggal 26 Maret 2012 pukul: 17.00 WIB

KURS

USD

GPB

14.564,29

15.000,00 12.500,00

9.181

10.000,00 7.500,00 19/03

20/03

21/03

22/03

26/03

Sumber: geraidinar

Kontroversi Perhitungan Besaran Subsidi BBM

Pemerintah Lebih Pentingkan Kontraktor Migas Pemerintah bersikeras mengurangi subsidi BBM dengan alasan semakin meningkatnya harga minyak dunia. Namun di satu sisi, pemerintah justru menaikkan anggaran cost recovery bagi Kontraktor Kerja Sama (KKKS) asing. JAKARTA, (BM) - Beban APBN 2012 sebenarnya masih bisa diselamatkan hanya dengan menghemat biaya operasi minyak dan gas bumi (migas) yang bisa ditagihkan ke negara (cost recovery). Untuk itu, standar kinerja Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi mestinya menurunkan cost recovery dan meningkatkan lifting (produksi minyak siap jual). Di titik inilah, pemerintah dianggap salah memilih mengurangi subsidi bahan bakar minyak (BBM) sebesar Rp 137 triliun dan menaikkan harga sebesar Rp 6.000 per liter. Hal ini karena pemerintah justru menaikkan anggaran cost recovery bagi Kontraktor Migas asing. "Akan terasa kurang adil jika harga BBM dinaikkan tetapi kontraktor migas justru dibiarkan leluasa menghamburkan uang negara," kata ekonom dari EC-Think, Iman Sugema, dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (27/3). Asumsi lifting dalam RAPBN-P 2012 ditetapkan 930.000 barrel per hari, turun dibanding dalam APBN 2012 yang sebesar 950.000 barrel per hari. Sedangkan cost recovery dalam RAPBN-P 2012 disepakati 15,13 miliar dolar AS atau naik dibanding APBN 2012 yang sebesar 12,33 miliar dolar AS. Dengan demikian, cost recovery mencapai 44,69 dolar AS per barrel dalam RAPBN-P 2012 atau naik dibandingkan dalam APBN 2012 yang sebesar 35,66 dolar AS per barrel. "Hal ini menyebabkan cost recovery bertambah Rp 27,67 triliun atau naik 25,66 persen," jelas Iman. Kenaikan cost recovery ini, sambung

Bank Bukopin Bidik UKM SURABAYA, (BM) - PT. Bank Bukopin Tbk Cabang Surabaya akan menargetkan penyaluran dana bantuan kredit Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang mencapai Rp 1,4 triliun pada tahun 2012. Pemimpin Cabang Bank Bukopin Surabaya, Heri Purwanto menegaskan, untuk mencapai target tersebut, pihaknya akan mengoptimalkan beberapa lini pembiayaan seperti pembiayaan untuk rumah toko (ruko). Heri mengatakan, selain pemilikan ruko baru, Bukopin juga akan memberikan pembiayaan bagi UKM yang akan membeli ruko bekas atau bekas. “Dengan kredit kepemilikan ruko, kami berharap nasabah kami bisa mendapatkan dana untuk membiayai kepemilikan ruko sebagai tempat usaha mereka,” kata Heri Selasa (27/3). Jumlah kredit yang diberikan untuk pemilikan ruko mulai dari Rp 400 juta hingga Rp 1 miliar dengan tenor selama maksimal 10 tahun. Suku bunga kredityangditerapkan untuk pemilikan ruko ini mengikuti skema kredit pemilikan rumah (KPR) yakni mulai 8,9 persen selama dua tahun, selanjutnya bunga yang diterapkan tidak lebih tinggi dari range kredit UKM Bank Bukopin yang berkisar dari 11 persen -13 persen Heri menambahkan, saat ini pembangunan Ruko khususnya di kota besar seperti Surabaya justru didominasi pengembang kecil atau bahkan perorangan dengan jumlah unit ruko tidak lebih dari 10 unit. “Pengembang skala kecil seperti ini banyak sekali jumlahnya di Surabaya, inilah yang akan kami bidik sebagai pasar untuk penyaluran kredit pemilikan ruko,” kata Heri. Bank Bukopin sendiri memperluas kriteria Ruko dimana rumah yang digunakan sebagai tempat usaha disamakan dengan ruko yang berada di satu zona. Selain mendongkrak kredit UKM, penyaluran kredit pemilikan ruko juga diharapkan bisa meningkatkan KPR yang tahun lalu hanya mencapai Rp 100 miliar. “Kami targetkan untuk KPR bisa meningkat menjadi Rp 150 miliar,” ujarnya. (top/hdi)

SEMEN GRESIK

Fokus Konversi Batubara FOTO: BM/ANTARA

CADANGAN MINYAK: Pekerja menaiki tangki penyimpanan minyak di Depo Pertamina, Plumpang, Jakarta, Selasa (27/3). Cadangan minyak Indonesia saat ini hanya 3,7 miliar barrel atau 0,3 persen cadangan minyak dunia, sementara pada 2011, Indonesia mengalami defisit sebesar 150 juta barrel. Menurut Kementerian ESDM, dengan cadangan minyak seperti itu, kebijakan BBM murah masih belum sesuai untuk Indonesia.

Iman menjadi tidak relevan karena dengan menaikan cost recovery sebesar 15 persen di APBN-P 2012, pemerintah memboroskan anggaran sebesar 1,25 miliar dolar AS atau Rp 11,24 triliun. "Angka Rp 11,24 triliun ini, jika ditambah dengan dana Bantuan Langsung Tunai Sementara (BLSM) sebesar Rp 25,6 triliun dan subsidi angkutan umum sebesar Rp 4,3 triliun, maka didapat angka Rp 41,64 triliun. Inikan bisa menambal kekurangan subsidi BBM sebesar Rp 41,2 triliun," tambahnya. Oleh karena itu, jika pemerintah menghitung kembali dan menekan angka cost recovery ini, Iman menyebut, kenaikan BBM subsidi sebesar Rp 1500 per liter men-

jadi Rp 6000 tidak perlu terjadi. "Kalau BBM tidak naik, kan tidak perlu ada BLSM dan subsidi angkutan umum," tandas dia. Iman juga mengatakan angka subsidi yang ditawarkan pemerintah dalam RAPBN-P 2012 terlalu besar. "Angka Rp 178 triliun harusnya bisa menjadi Rp 148 triliun," katanya. Angka tersebut didapatnya dari penghitungan berdasarkan asumsi realisasi anggaran APBN 2011. "Tahun lalu realisasinya Rp 164,7 triliun, ICP 111 dolar AS per barel, realisasi volume 41,7 juta kiloliter, dan nilai tukar rupiah Rp 8.800," katanya. Ia mengatakan pada RAPBN-P 2012, pemerintah menentukan ICP 105 dolar AS per barel, perkiraan volume subsidi 40 juta kilo-

liter, dan nilai tukar rupiah Rp 9.000. "Dengan perhitungan yang sama, hasilnya didapat hanya Rp 148 triliun," ia menuturkan. Menurut Iman, angka Rp 178 triliun baru didapat jika pemerintah mengasumsikan volume konsumsi 40 juta kiloliter dan ICP 115 dolar AS per barel. "Kalau kesepakatannya hanya 105 dolar AS per barel, ada selisih Rp 30,6 triliun," katanya. Dengan tidak menaikkan harga BBM, pemerintah dianggap tetap bisa menyehatkan anggaran keuangan negara. "Selisihnya besar," kata Iman. Ia menduga, tata hitung angka subsidi yang diajukan sengaja disembunyikan pemerintah. "Jadi bila nanti ada kenaikan harga minyak, anggaran tetap aman," ucapnya. (tpi/kcm/hdi)

PNPM Mandiri Harus Berlanjut Setelah 2014 JAKARTA, (BM) - Wakil Presiden Boediono meminta pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri tidak boleh diselewengkan. Program pengentasan kemiskinan ini diharapkan dilanjutkan meski Kabinet Indonesia Bersatu II berakhir 2014. "Prestasi PNPM ini jangan ada diperbolehkan penyelewengan kecil," kata Boediono dalam sambutannya di acara Rapat Kerja Nasional PNPM Mandiri di Jakarta, Selasa (27/3).

PERBANKAN

Boediono menyebutkan ada dua hal yang menjadi kunci kesuksesan PNPM Mandiri yaitu dua hal yaitu parsitipasi aktif masyarakayt dan sistem transparan dan akuntabel. "Saya kira ini adalah hal yang perlu dipelihar dan tentu akan menjadi kunci kewajiban dan kesuksesaan," tegasnya. Boediono juga menyampaikan pesan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada dirinya bahwa PNPM mandiri ini akan berlanjut sampai akhir pemerintahan dan berharap pemerintah yang akan

datang dapat melanjutkan program. "Ini hanya salah satu program untuk mengatasi kemiskinan tapi sangat berhasil karena desain sangat unik sekali," kata Boediono. Hingga saat ini, pelaksaan PNPM mandiri dan perkotaan telah mengalami kemajuan dari tahun ke tahun. PNMP Mandiri ini, lanjut Boediono, dapat terlaksana dengan baik karena adanya partisipasi dan transparansi. "Partisipasi masyarakat yang aktif ini yang tercermin dari berbagai kegiatan. Pertama, kegiatan itu dila-

kukan secara swakelola, diawasi masyarat dan dilaksanakan masyarakat. suatu perwujudan dari partisipasi yang nyata. Proses untuk memilih proyek yang mana, bentuknya apa. sebenarnya disitulah unsur demokrasinya," jelasnya. Mantan Gubernur BI ini menjelaskan, PNPM Mandiri juga telah menumbuhkan kepercayaan diri di masyarakat karena masyarakat berani mengambil peran, berani menyampaikan pendapat, dan berani mengatasi. "Peran perempuan juga sangat penting, PNPM

ternyata mendorong perempuan secara signifikan," ucapnya. Secara umum, Boediono menilai PNPM mandiri ini bisa menggerakan ekonomi rumah tangga dari kelompok-kelompok masyarakat. Ke depan, Boediono mengharapkan PNPM mandiri harus digulirkan dari simpan pinjam jadi nasabah bank. "Digulirkan financial inclusion. memasukkan dalam sistem keuangna semua kelompok yang belum masuk. ini tema besar yang tidak hanya di indonesia. itu tema G20," ujarnya. (ant/hdi)

GRESIK, (BM) - Produsen semen nasional, PT Semen Gresik Tbk mulai memfokuskan pemakaian konversi batubara dari medium ke low kalori atau batubara berkalori rendah, menjelang pemerintah menaikan harga BBM. “Nantinya menjelang kenaikan BBM komposisi penggunaan batubara digeser untuk menekan cost di sektor BBM karena komposisi pemakaian batubara untuk proses produksi 60 persen menggunakan batubara medium dan 40 persen dari batubara low kalori,” ungkap Dwi Soetjipto usai menerima penghargaan certificate of recognition (COR) di Wisma A.Yani Gresik, Selasa (27/3). Selain fokus ke konversi batubara, lanjut Dwi.. Melalui sinergi itu diharapkan cost pendistribusian di tiga pabrik Semen Padang Sumbar, Semen Gresik Pabrik Tuban Jatim, dan Semen Tonasa Sulsel bisa ditekan. “Imbas naiknya BBM memang berdampak pada pendistribusian semen. Pasalnya, jarak pengiriman khususnya di luar Pulau Jawa biaya operasionalnya cukup besar,” lanjutnya. Kendati ada kenaikan BBM, PT Semen Gresik pada tahun ini menargetkan kenaikan revenue naik 15 persen. Pada tahun lalu, revenue yang diperoleh perseroan yang berkode emiten SMGR (Semen Gresik Group) mencapai Rp 11 triliun. Sedangkan laba bersih yang diperoleh Rp 3,8 triliun pada 2011 dan tahun ini ditarget naik 5 persen. (kho/hdi)

Asing Keruk Keuntungan Timah Indonesia JAKARTA, (BM) - Pengaruh modal asing, terutama dari Malaysia dan Singapura diduga menjadi dalang di balik penolakan sejumlah pengusaha smelter timah di Bangka Belitung (Babel) untuk menjual produknya melalui Pasar Timah Indonesia. Padahal dengan terbentuknya pasar timah di Indonesia, justru akan menguntungkan mereka. Namun ternyata para pengusaha smelter lebih senang menjual

produknya ke Malaysia dan Singapura. Ketua Masyarakat Pertambangan Indonesia (MPI) Herman Afif Kusumo mengatakan, negara seperti Malaysia dan Singapura bisa memiliki pasar timah, padahal mereka tidak memiliki tambang timah. “Dari mana pasir timah mereka jika bukan dari kita?” ujar Herman dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/3). Herman menjelaskan, pembentukan pa-

FOTO: BM/IST

PASAR TIMAH: Sejumlah pengusaha Timah Bangka Belitung menolak menjual produknya di pasar timah.

sar timah Indonesia memiliki tujuan yang jelas, yaitu demi kepentingan nasional. Dia menduga, jika ada pengusaha smelter yang menolak menjual produknya melalui pasar timah Indonesia yang digagas pada Desember 2011 lalu, menunjukkan bahwa mereka memiliki kepentingan lain yang berbeda dengan kepentingan nasional. Sebagaimana diketahui saat ini pasar timah Indonesia masih bergabung dengan Indonesian Commodity Derivative Exchange (ICDX). Ini merupakan langkah awal untuk membentuk pasar timah Indonesia yang mandiri. “Untuk membentuk pasar timah di Indonesia, diperlukan sejumlah persiapan, baik sumber daya manusia maupun infrastruktur lainnya,” ungkap Wachid Usman yang saat ini menjabat sebagai Ketua Bangka Tin Market atau Pasar Timah Indonesia. Sementara itu, Staf Khusus Menteri ESDM bidang Mineral Batu Bara Thabrani Alwi menilai pemerintah melalui Kementerian perdagangan sangat mungkin mengeluarkan Peraturan Menteri (Permen) perdagangan yang mewajibkan semua pengusaha timah menjual produknya melalui pasar timah Indonesia. “Seperti yang dilakukan Kementerian ESDM dengan mengeluarkan Permen ESDM

No 7 tahun 2012, yang melarang seluruh perusahaan tambang mengekspor bahan mentah,” ujar Thabrani yang pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Timah Tbk. Menurut Thabrani dengan adanya pasar timah Indonesia, banyak keuntungan yang bisa diraih. Mulai dari terciptanya lapangan kerja baru hingga pendapatan negara, karena produk yang dipasarkan sudah memiliki nilai tambah. “Dan langkah ini sudah sesuai dengan peraturan menteri ESDM No 7 yang melarang perusahaan pertambangan untuk mengekspor produknya dalam bentuk bahan mentah,” tambahnya. Sedangkan menurut anggota Lembaga Cegah Kejahatan Indonesia Bangka Belitung (LCKI-Babel) Bambang Herdiansyah, negara-negara seperti Malaysia dan Singapura sangat diuntungkan dengan ulah para smelter. Mereka membeli timah batangan tanpa brand dengan harga rendah dari perusahaansmelter di Babel, kemudian menjualnya dengan harga tinggi setelah melebur dan memberinya brand yang ada di kedua negara tersebut. (okz/hdi)

FOTO: BM/ANTARA

PENINGKATAN PENGOLAHAN IKAN Dua pekerja melakukan proses pemindangan ikan tongkol di Desa Kusamba, Klungkung, Bali, Selasa (27/ 3). Provinsi Bali secara bertahap akan mendorong usaha kecil dan menengah (UKM) untuk mengelola produk perikanan agar dapat meningkatkan penghasilan nelayan sekaligus meningkatkan produksi sektor perikanan dengan target 353 persen hingga tahun 2014.


RABU, 28 MARET 2012

6

METR AC MILAN

FOTO: BM/DAYLIFE

EPISODE BURUK: Pelatih Marseille, Didier Deschamps (kiri) masih dipercaya seiring hasil buruk timnya di beberapa laga.

OLYMPIQUE MARSEILLE

BAYERN MUNICH

Kans dari Periode Buruk Les Phoceens MARSEILLE (BM) – Bertindak sebagai tim tamu di leg pertama kuarter final Liga Champions, tak membuat kepercayaan diri Bayern Munich berkurang. Ketika menantang Olympique Marseille di Stade Vélodrome (Siaran Langsung MNCTV 01.45 WIB), Munich ingin memanfaatkan periodeburuk Les Phoceens. Bek Bayern Munich, Daniel van Buyten Marseille sedang tidak dalam kondisi bagus jelang pertandingan ini. Dalam delapan laga terakhir, Marseille telah menelan tujuh kekalahan dan sisanya imbang. Van Buyten optimistis The Bavarians dapat meraih hasil positif di tanah Prancis nanti. “Marseille lebih baik dari Basel. Kekalahan pada pertandingan pertama di Swiss harus menjadi peringatan bagi kami. Namun, kami memiliki kualitas untuk pulang dari Marseille dengan hasil yang sangat baik,” kata Van Buyten di situs resmi Bayern. “Marseille sedang melalui fase sulit saat ini, dan mereka juga sering kurang beruntung. Selalu berbahaya melawan tim seperti itu. Jadi, kami harus tetap waspada,” tuturnya. Van Buyten juga mewaspadai fans Marseille yang dikenal cukup fanatik. “Suasana di Marseille sangat mirip dengan di Napoli. Jadi, kami memiliki pengalaman yang cukup relevan untuk bertarung di sana,” ucap Van Buyten. Leg kedua akan berlangsung di Allianz Arena pada 3 April 2012. Bayern tentunya masih mendapatkan keuntungan jika mendapatkan hasil kurang bagus di kandang Marseille. (*/ibn)

Ibrahimovic: Kekuatan mereka tidak hanya Messi, Barca adalah tim terkuat dunia.

SPORT BARCELONA

JALAN TERJAL ROSSONERI MILAN (BM) – Final yang terlalu pagi harus hadir pada Liga Champions musim ini. Masih di fase kuarter final, raksasa Eropa seperti AC Milan dan Barcelona sudah harus saling bunuh demi tiket ke semifinal. Milan yang bertindak sebagai tuan rumah di leg pertama bertekad tak akan menyianyiakan peluang di Giuseppe Meazza (Siaran Langsung RCTI, Kamis 01:45 WIB). Tapi melumpuhkan Barca, bukanlah pekerjaan mudah bagi pasukan Allegri. Milan dan Barcelona telah bertemu di fase grup pada musim ini. Di laga itu, Barcelona mendominasi walau bermain imbang 2-2 di Nou Camp, dan mencatat kemenangan 3-2 di San Siro. Tak berlebihan jika pada duel kali ini, Barca sedikit lebih diunggulkan meski harus melakoni laga away. Striker Milan, Zlatan Ibrahimovic sudah mewanti-wanti timnya untuk waspada. Ibra menyebut Barcelona adalah tim terbaik di dunia yang selalu

membuat gentar semua lawannya. “Saya sangat paham dengan Barcelona. Dan, pertandingan nanti adalah laga yang sulit,” jelas Ibra. Pemain berkebangsaan Swedia itu mengingatkan kawan-kawannya untuk tidak hanya fokus pada Lionel Messi. Sebab, Barca adalah kumpulan individu hebat yang bisa bermain orkestra. “Kekuatan mereka tidak hanya Messi, seperti halnya Milan tidak hanya Ibrahimovic. Mereka (Barca) adalah tim terkuat dunia,” tegasnya. Pelatih AC Milan Massimiliano Allegri mengaku bakal menerapkan strategi menyerang. Usai mencatat kemenangan 2-1 atas AS Roma di Serie A Italia, Allegri menyatakan, Rossoneri punya dua opsi untuk menghadang langkah

Barcelona kali ini. “Apakah akan menerapkan permainan bertahan dengan menghantam mereka melalui serangan balik, yang sangat sulit dilakukan, atau melakukan seperti yang dilakukan setiap laga kandang, dan melaju, tapi kami kerap membuat kesalahan,” ungkap Allegri. Di sisi lain, Victor Valdes diprediksiakanberadadi bawah mistar gawang Barca kali ini. Valdes sudah dua kali bertemu Milan di Liga Champions musim ini. Valdes mengakui bahwa “I Rossoneri” adalah tim yang berbahaya dan tetap mewaspadai pola permainan pasukan Massimiliano Allegri itu. “Mereka berbahaya di bola mati dan baik di serangan balik. Kami harus waspada dan menjaga para pemainnya tanpa henti,” ungkapnya. (*/ibn)

1

JUMPA LAGI: Bintang Barcelona, Lionel Messi (kiri) bisa saja semakin hafal pola pertahanan AC Milan karena pertemuan dua tim tersebut tak hanya berlangsung sekali pada musim ini.

MANCH. UNITED

FULHAM

0

Geser City, Menanti Derby

FOTO: BM/DAYLIFE

POIN SEMPURNA: Pilar MU, Ashley Young (kiri) berkali-kali mengancam gawang Fulham. Tapi hanya Rooney yang mampu membobolnya.

MANCHESTER (BM) – Manchester United suskes meraup poin penuh di kandang sekaligus merenggangkan kembali menyalip Manchester City di track perebutan juara Liga Inggris. Tiga poin tim besutan Alex Ferguson itu didapat setelah mereka menaklukkan Fulham 10 di Old Trafford, Selasa (27/3) dini hari WIB. Kemenangan Red Devils tersebut tak lepas dari sebiji gol yang diciptakan Wayne Rooney di pengujung babak pertama. Duet Rooney dengan Danny Welbeck di barisan depan United memang kerap mengancam gawang Fulham. Namun, Fulham bukan tampil tanpa tekanan.

Sesekali, duet Moussa Dembele dan Pavel Pogrebnyak yang ditopang di tengah Clint Dempsey juga melangsungkan tekanan sporadis. Namun, pengalaman dan kepaduan memegang peranan penting di laga itu. Ini pula yang membuat MU mempertahankan keunggulan hingga laga berakhir. Usai laga, pemain veteran MU, Ryan Giggs mengungkapkan bahwa hasil itu bukan menjadi cerminan bahwa timnya akan meraih gelar di musim ini. Menurut dia, penentuan gelar juara Liga Primer Inggris akan ditentukan di laga derby melawan Manchester City pada akhir bulan depan.

Dalam bincang-bincangnya dengan La Gazzetta dello Sport, pemain asal Wales ini membuat prediksinya mengenai tim mana yang bakal menjadi kampiun di musim 2011/12. Saat ini United unggul tiga poin dari City, dan Liga Primer masih menyisakan delapan pertandingan lagi. Namun City unggul selisih gol, dan akan menjadi tuan rumah saat kedua tim saling bentrok. United dan City juga masih menyisakan dua laga lagi setelah melakoni derby, termasuk pertandingan tandang ke timur laut. “Kami punya pengalaman, tapi City lebih lapar. Jika kami berdua seperti itu terus, maka penentuan gelar juara akan terjadi saat derby,” kata Giggs. (*/ibn)

Moratti Akhirnya Pecat Ranieri

Sejarah Baru Inter Pilih Arsitek Muda Presiden Internazionale Milan, Massimo Moratti akhirnya menarik ucapannya untuk mempertahankan Claudio Ranieri khingga akhir musim. Taipan minyak itu akhirnya memecat Ranieri dan mengangkat Andrea Stramaccioni. PEMECATAN Ranieri resmi dilakukan Inter pada Senin malam waktu setempat (26/3). “Presiden Massimo Moratti dan semua orang di FC Internazionale ingin mengucapkan terima kasih kepada Claudio Ranieri beserta stafnya atas komitmen dan profesionalitas yang mereka tunjukkan selama melatih klub,” demikian tulis pernyataan resmi Inter di situs klub. Padahal enam jam sebelumnya

Moratti sempat mengatakan bakal mempertahankan Ranieri. “Saya rasa Ranieri akan tinggal bersama kami sampai Juni nanti,” kata Moratti. Posisi yang ditinggalkan Ranieri nanti bakal diisi oleh pelatih tim Primavera atau tim muda Inter, Andrea Stramaccioni. Ranieri menjadi pelatih ke19 yang terpaksa diganti Moratti di tengah tugas. Kini, Inter berada di peringkat kedelapan klasemen sementara Seri-A dengan perolehan 41 poin. Untuk bisa menembus zona Liga Champions, Inter harus mengejar defisit tujuh poin. Nah, beban memperbaiki performa Inter harus diemban oleh Andrea Stramaccioni. Dibandingkan dengan Ranieri, Stramaccioni adalah sosok baru di kancah sepakbola papan atas Italia. Dengan usianya yang baru 36 tahun, pelatih baru Inter Mi-

BEBAN BERAT: Tanpa pengalaman di tim senior, Andrea Stramaccioni diharapkan mengangkat performa Inter yang tengah terpuruk musim ini. FOTO: BM/IST

lan itu dijuluki Andre VillasBoas versi Italia. Prestasi terbesarnya tentu saja mengantar tim Primavera Inter memenangi Next Gen Series Trophy — Liga Champions untuk tim junior U-19 — beberapa hari lalu. Pasukan Stramaccioni mengalahkan Ajax Amsterdam di final. Padahal Stramaccioni

baru di awal musim ini membesut La Beneamata junior. Keberhasilan tersebut sepertinya jadi alasan utama manajemen Inter mengangkat pria yang baru Januari lalu berulang tahun ke-36 tahun itu. Sukses menjuarai Next Gen Series jelas bukan perkara sepele karena kejuaraan tersebut diikuti oleh Barcelona

dengan La Masia-nya dan Ajax Amsterdam yang terkenal punya akademi sepakbola sangat baik. Dikutip Football Italia, Stramaccioni tak pernah benar-benar punya karier sebagai pesepakbola. Ini tak lepas dari cedera lutut parah yang dia alami. Sementara status sebagai pelatih mulai dia jalani di tahun 2000 sampai 2002 bersama Latina. Dia kemudian berturut-turut melatih tim muda Romulea, Crotone dan Roma sebelum menerima penawaran Inter di awal musim 2011/2012. “Presiden (Massimo) Moratti selalu memberi penghargaan tinggi pada sektor pemain muda. Ini jelas jadi pengalaman baru, karena yang seperti ini tidak pernah terjadi sebelumnya. Ini tak pernah terjadi, tapi kami akan menghadapinya dengan tenang,” sahut Direktur Akademi Inter, Roberto Samaden. (*/ibn)


RABU, 28 MARET 2012

7

BERITA METRO Efendy Gaazali: Karena informasi gerakan memang sampai tanggal 29 atau 30 Maret. Tergantung kapan DPR memutuskan kenaikan harga BBM

Alihkan Massa Besar pada 29 Maret SAMBUNGAN HALAMAN 1

Hanya... Realitas tersebut tak hanya mengundang tawa Partai Demokrat yang sejak awal menjadi bagian penting dari penyangga kebijakan pemerintah Susilo Bambang Yudhoyono menaikkan BBM, tapi juga menimbulkan kekecewaan terhadap partai opisisi. Partai Hanura adalah salah satu yang kecewa terhadap sedikitnya massa yang menggelar unjuk rasa. Salah satu politisi berpengaruh Partai Hanura Akbar Faisal bahkan langsung mencibir para aktifis tak lagi mampu memobilisasi massa. “Kok cuma sedikit (massanya)? Apa Effendi Ghazali dan kawankawan sudah tidak bisa mengajak lagi?” sindir Akbar Faisal kepada Effendi Ghazali di sebuah forum diskusi di ruang wartawan MPR/DPR RI, Selasa, (27/3). Mendapat serangan tersebut, Effendi Ghazali pun berdalih bahwa penyebab minimnya peserta demo karena para mahasiswa dan calon peserta demo lainnya mengetahui bahwa Rabu (27/3) bukanlah paripurna yang akan memutuskan naik tidaknya harga BBM. “Karena informasi gerakan memang sampai tanggal 29 atau 30 Maret. Tergantung kapan DPR memutuskan kenaikan harga BBM (bahan bakar minyak),” dalih pakar komunikasi politik ini kepada Akbar. Tadi pagi, kata Effendi, sejumlah kelompok massa membatalkan niat demonstrasi ketika mengetahui rapat paripurna DPR hari ini (kemarin) tidak membahas voting kenai-

kan harga BBM. Jawaban Efendi tersebut sungguh bertolak belakang dengan beberapa kali pernyatannya. Dalam beberapa kali kesempatan Efendi sangat optimistis bahwa 27 Maret akan menjadi demo terbesar. Itu juga diamini sejumlah aktifis lainnya. Tanda-tanda jumlah peserta demo yang tak sesuai sesumbar para aktifis sebenrnya sudah terbaca sejak pagi hari. Di Jakarta hanya ada beberapa tempat yang menjadi pusat kosentrasi massa. Yakni di depan gedung DPR RI, di Gambiran, di Bundaran HI dan di depan isatana. Tapi jika ditotal jumlah mereka hanya puluhan ribu orang. Jumlah mereka bahkan kalah jika dibanding petugas kepolisian yang mengerahkan 22.200 petugas. Bahkan, Polda Metro Jaya menyebut demo pada Rabu, (27/3) kemarin hanya diikuti sekitar 3.500 massa. Tak hanya Adrian Napitupulu yang sesumbar akan menjadikan demo terbesar, Jeppri F Silalahi. Humas Aksi Nasional 27 Maret yang ditunjuk PDIP ini juga menyatakan akan mengerahkan sejuta massa dalam demonstrasi kemarin. Namun demikian, janji PDIP tersebut tidak sepenuhnya mbleset. Setidaknya di Surabaya, aksi massa yang berasal dari partai bergambar banteng moncong putih itu terlihat cukup banyak. Bahkan, jika dibanding massa PDIP di Jakarta dan beberapa daerah di Indonesia. Sementara itu, sikap politik Ketua Umum DPP PDIP

Megawati Soekarnoputri yang menginstruksikan demo para kadernya, termasuk para kepala daerah mengundang kritik pedas Partai Demokrat. Sebagai partai politik yang sudah punya wakil cukup banyak di parlemen, PDIP disebut menunjukkan ketidakmampuan secara politik di parlemen untuk memperjuangkan sikap politiknya. “Mestinya, yang sudah mempunyai anggotanya di parlemen harus memaksimalkan kerja. Kesannya PDIP tidak yakin dan tidak ada kemampuan,” kata Ketua DPP Partai Demokrat Gede Pasek Suardika di Gedung DPR sore tadi, Selasa, (27/3). Dia mengatakan, bahwa PDIP jelas berbeda dengan buruh, petani, LSM, mahasiswa. Karena kelompok tersebut tidak punya perwakilan di parlemen. Gede Pasek bahkan berani menyebut langkah Mega tersebut dinilai sebagai blunder politik. “Ini menjadi blunder politik, tidak produktif dan pencitraannya (PDIP) tidak sukses,” papar Pasek. Dia pun memberikan masukan kepada PDIP, “Semestinya, kalau ingin turun ke jalan, sayap partai yang bergerak,” imbuh Pasek menggurui. Yang lebih aneh lagi dan lucu, lanjut Gede Pasek, intruksi DPP PDIP yang pertama (memerintahkan kadernya berdemo) kabarnya dicabut. Lucunya lagi, kata Gede Pasek instruksi Ketum PDIP yang kedua (Senin, 26/3) yang melarang kadernya turun ke jalan dan memakai atribut partai. “Surat pertama juga dicabut tambah lucu lagi,” katanya tersenyum.

Sementara di Jakarta, bentrok antara Koalisi Nasional Mahasiswa Indonesia (Konami) dengan polisi di Gambir, Jakarta Pusat, tak bisa dihindarkan. Bentrokan berawal ketika petugas hendak melakukan sweeping terhadap sekelompok orang yang dicurigai akan menuju istana negara. “Bentrok berawal dari dari upaya petugas yang curiga terhadap sekelompok orang yang mau menuju istana. Kita cegah di Gambir lalu kita lakukan sweeping tapi mereka menolak,” tutur Kabidhumas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto, di Monas, Selasa (27/3). Selain menolak diperiksa, menurut Rikwanto, massa juga melakukan provokasi. Oleh karena itu polisi mengambil langkah tegas dengan membubarkan massa demonstran.Ada 35 orang yang diamankan oleh polisi karena menggunakan batu, kayu, dan molotov untuk melawan petugas. “Molotov ini dilempar dan mengenai Dalmas. Yang diamankan 35 orang dan sudah dibawa ke Polda kita periksa apakah mereka mahasiswa atau hanya simpatisan,” terangnya. Rikwanto menjelaskan, dalam bentrokan tersebut ada 5 orang polisi dan 10 orang demonstran yang terluka. Dalam penanganan bentrokan, polisi juga sudah melakukannya sesuai prosedur. “Nggak ada tembakan, kita pakai senjata gas air mata,” jelasnya. Total hari ini ada 3.500 orang yang melakukan unjuk rasa di berbagai wilayah Jabotabek. Polisi akan terus disiagakan hingga 5 Mei untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.(dtc/kmp/vva/hab)

Tantang Jual Rp 4.500 SAMBUNGAN HALAMAN 1

Dipo... “Kalau PDIP tidak bersedia ada kenaikan BBM, ya pom bensin milik Taufik Kiemas dan Puan nggak boleh naik. Jual aja dengan harga lama,” kata Dipo Alam, (Selasa, 27/3). Saat ini harga BBM bersubsidi jenis premium dan solar adalah Rp 4.500 per liter. Jika pada 1 April nanti jadi naik, maka harganya akan menjadi Rp 6.000 per liter. “Silakan jual dengan harga lama. Biar pembeli BBM dari PDIP bisa dilindungi. Karena mereka sudah cape disuruh demo,” sindir Dipo. Sikap Dipo adalah reaksi keras atas sikap keras Megawati. Dia meminta hendaknya Mega tetap konsisten dengan tidak menaikkan harga BBM di seluruh SPBU yang dimili Taufik

LBH... “SR selaku anak yang telah dibebaskan dari segala dakwaan oleh hakim, selain menggugat polisi juga menggugat kejaksaan,” tambah Maruli. Setelah habis kesabaran, SR menggugat Kapolsek dan Kepala Kejaksaan Tinggi Cibinong untuk membayar kerugian materiil Rp 32.625.000 dan kerugian imateriil Rp 232.002. Nilai kerugian imateriil ini sesuai dengan nomor UU Perlindungan Anak. “Serta meminta majelis

hakim memerintahkan kedua institusi itu untuk memasang spanduk permohonan maaf di depan kantor kepolisian dan kejaksaan selama 7 hari berturutturut yang bertuliskan ‘Kami dari Kepolisian Sektor Bojong Gede meminta maaf atas tindakan kami yang melakukan penahanan terhadap SR dan kami berjanji akan menghargai hakhak anak yang berhadapan dengan hukum’,” ujar Maruli. Menurut Maruli, gugatan itu

mengingatkan polisi untuk menyayangianakdanmementingkan hak anak dalam proses hukum. Selama ini polisi dinilai mengabaikan hak-hak anak dalam proses penyidikan dan penyelidikan dalam mengungkap kasus kejahatan. Maruli yang juga pengacara publik dari LBH Jakarta itu menilai bahwa untuk pertama kalinya di Indonesia, seorang siswa SD menggugat polisi yang dinilai telah melakukan penyiksaan dan pelanggaraan hak anak. Gugatan tersebut telah didaftarkan kepada Pengadilan Negeri Cibinong pada Rabu, 29 Februari

2012, Selasa (27/3) kemarin, dimulai sidang pertama. Menurut dia, adapun gugatan yang diajukan tersebut menggunakan mekanisme keperdataan yang bentuknya perbuatan melawan hukum (PMH) sebagaimana diatur dalam pasal 1365 KUHPerdata. “Aparatpenegak hukumitujuga dituntut untuk mengajukan permohonan maaf dari Kepolisian danKejaksaandimediamassakhususnya di depan kantor kepolisian dan kejaksaan dengan memasang spandukselamatujuhhariberturutturut,” katanya.(ant/dtk/hdi)

Penanganan Kasus Berjalan Lamban SAMBUNGAN HALAMAN 1

Kejagung... Penyidik masih melakukan klarifikasi terhadap temuan tersebut kepada Dhana. Pemeriksaan lanjutan terhadap Dhana berlangsung sekitar delapan jam sejak pukul 10.30 WIB. Ia didampingi salah satu kuasa hukumnya, Daniel Alfredo. Dalam pemeriksaan tersebut, penyidik juga melakukan klarifikasi terhadap keterangan saksisaksi. Adi menyebutkan harta ke-

kayaan Dhana mulai dari investasi di reksadana dan sejumlah petak tanah di Jakarta. Hasil penghitungan sementara yang dilakukan penyidik, harta kekayaan Dhana sejumlah Rp 18 miliar. Dhana sendiri tiba di Gedung Jampidsus Kejagung, Jl Hasanuddin, Jakarta, pukul 10.30 WIB. Dia menumpang mobil satuan khusus Kejagung. Dhana yang datang didampingi

pengacaranya, Daniel Alfredo, langsung masuk melalui pintu belakang Gedung Bundar tanpa mengucap sepatah kata pun. Saat dihubungi wartawan, Daniel membenarkan pemeriksaan kali ini untuk mengkonfirmasi jumlah uang milik Dhana. “Untuk konfirmasi mengenai jumlah duitnya, kan perhitungannya belum selesai. Sampai sekarang (yang disita) masih sekitar Rp 18 miliar, masih ada beberapa lagi yang belum (disita),” ujar Daniel

kepada wartawan. Pihak kuasa hukum Dhana meminta agar penyidik Kejagung mengkonfirmasi lagi jumlah harta kekayaan Dhana. “Itu coba dikroscek lagi, apakah Rp 18 miliar itu uang yang disita atau total aset,” kata Daniel. Pasalnya, Daniel mengklaim uang milik Dhana di rekeningnya hanya sejumlah Rp 440 juta dan beberapa ribu dolar AS. “Jadi, sebetulnya aset Dhana juga tidak seheboh yang dikira-kira saat ini,” ujarnya.(dtk/rep/hdi)

Hemat Anggaran Rp 18 Triliun Pangkas... Sejauh ini, hanya pejabat PNS eselon I ke atas yang bisa menikmati fasilitas perjalanan dengan pesawat kelas bisnis dan hotel bintang 5. Namun ke depannya, sebagian pihak mengusulkan agar pemangkasan fasilitas itu berlaku bagi seluruh pejabat negara, termasuk presiden. Tak tanggung-tanggung, pemangkasan biaya perjalanan dinas ini bisa menhemat anggaran hingga triliunan rupiah. “Dari penghematan departemen, kita bisa mendapatkan Rp 18 triliun. Jadi, saya setuju sekali usulan pemangkasan anggaran,” kata anggota DPR dari Partai Hanura, Akbar Faisal di Jakarta, Selasa (27/3) Senada dengan Akbar, politisi dari PDI Perjuangan

SAMBUNGAN HALAMAN 1

Arif Budimanta juga sepakat dengan adanya pemangkasan biaya para pejabat negara. Bahkan, Arif meminta pemerintah agar tidak banyak beretorika terhadap usulan penghematan anggaran itu. “Sebaiknya usulan tersebut dibawa ke rapat kabinet. Untuk dibahas bersama menteri-menteri terkait dan Presiden. Jangan banyak retorika,” tegas anggota Komisi XI DPR RI itu. Sebelumnya, Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral Widjajono Partowidagdo mengusulkan pejabat negara tidak lagi bepergian menggunakan pesawat udara kelas bisnis, cukup kelas ekonomi saja. “Negara saat ini kan sedang berupaya mengetatkan anggaran

karena rencana kenaikan BBM. Kalian tahu kan pengetatan anggaran itu bagaimana, salah satunya seperti tidak boleh jalan-jalan ke luar negeri, mau bangun gedung ditunda dulu. Tapi saya usul pejabat negara yang bepergian ke luar kota dengan naik pesawat, jangan pakai kelas bisnis, pakai kelas ekonomi saja,” kata Widjajono. Terkait fasilitas perjalanan dinas, Dirjen Anggaran Kemenkeu Herry Purnomo mengatakan, selain pesawat kelas bisnis, PNS yang menjabat eselon juga mendapatkan fasilitas maksimal di hotel bintang lima. Hal inilah yang mendesak segera dibatasi. Kementerian Keuangan pun menyatakan siap membahas pemangkasan biaya dan fasilitas ini. “Saya kira kalau ada pemikiran baru untuk penghematan

kenapa tidak, saya pribadi seperti itu, tapi ini tergantung pada yang di atas, kalau di atas seperti itu ya kita laksanakan,” jelas Herry di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (27/3). Berdasar peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.97/ PMK.05/2010 tentang perjalanan dinas luar negeri bagi pejabat negara, pegawai negeri, dan pegawai tidak tetap disebutkan beberapa pos yang digelontori uang negara. Yakni biaya transportasi termasuk biaya resmi lain yang dibayarkan dalam rangka Perjalanan Dinas yang antara lain meliputi visa, airport tax, dan retribusi. (selengkapnya baca lihat grafis). Biaya perjalanan dinas dalam aturan tersebut juga dikelompokan dalam empat golongan. (lihat grafis).(arw/dt)

Kiemas dan Puan Maharani. Pihaknya berharap, dengan begitu masyarakat bisa mendapatkan harga murah di SPBU keluarga Megawati.( rmo/hab)

Karwo Sambut Pendemo SAMBUNGAN HALAMAN 1

PDIP Surabaya... Namun, putra politisi senior PDIP alm Sucipto itu mengancam akan menggelar aksi lebih besar besok jika pemerintah tidak merespons. “Sekarang masih pemanasan. Kalau aksi kita tidak di respon, kita akan revolusi,” katanya. Meski Grahadi dikepung massa aksi, Gubernur Soekarwo masih mau menemui pengunjuk rasa. Hanya saja, tindakan itu tetap memantik kekecewaan Bambang DH, Wakil Walikota Surabaya yang ikut turun ke jalan. Bambang menumpahkan kekecewaannya dengan menyindir gubernur yang hanya memfasilitasi para aksi ke Jakarta. Sedangkan Gubernur sendiri tidak menolak kebijakan kenaikan BBM yang dilakukan oleh SBY. “Mungkin sudah saatnya kita melakukan revolusi. Karena reformasi selama ini sudah tidak berjalan. kalau pemimpin rakyatnya susah, jangan lari, harus di tengah-tengah. Siapapun penghianat negeri ini harus diadili,” sindirnya. Sindiran itu keluar setelah gubernur menolak ketika perwakilan massa meminta untuk menandatangani surat perjanjian penolakan kenaikan BBM. Dikonfirmasi mengenai hal tersebut, Soekarwo berdalih tidak punya kewenangan. “Bagaimana saya harus menan-

datangani. Ini khan kewenangan pusat. Bukan kewenangan saya. Saya tidak punya otoritas untuk menaikkan atau menurunkan,” ucapnya. Sebagai gantinya, gubernur berjanji akan memfasilitasi perwakilan massa untuk menyampaikan aspirasinya ke pusat. Apalagi Pemprov Jatim, menurut Soekarwo melakukan antisipasi terkait kenaikan BBM dengan siapkan dana Rp 5 miliar untuk subsidi distribusi ongkos angkut antisipasi kenaikan bahan pokok dampak kebijakan rencana. Sebagai kepanjangan pemerintah di provinsi, Soekarwo berjanji akan menindak tegas kepala daerah yang juga ikut turun ke jalan. Hal tersebut sudah merupakan intruksi dari pusat yang tak boleh di langgar. “Jika pemerintah sudah menetapkan untuk di naikkan, itu khan berarti di atur dalam undang-undang APBN. Jadi, kepala daerah tidak boleh untuk menolak. Kalau menolak berarti melanggar undang-undang. Pak Sirmadji (Ketua DPRD Jatim, red) itu khan bukan kepala daerah. Jadi tidak apa-apa untuk menolak,” jelasnya menyindir aksi Bambang DH. Lebih lanjut Pak De menjelaskan bahwa ada sanksi tegas yang nantinya akan diberikan kepada kepala derah yang tidak patuh pada intruksi pusat. “Sanksinya nanti ada di Undang-undang. Pasti akan di tindak tegas,” pungkasnya.(vick)

Pimpinan Daerah Langgar Etika

Juga Dituntut Permintaan Maaf di Media Massa SAMBUNGAN HALAMAN 1

FOTO: BM/DOK

Dipo Alam

SAMBUNGAN HALAMAN 1

Lima... Pro kontra antar kalangan pun tak terhindarkan menyikapi aksi unjuk rasa kepala daerah yang rata-rata berasal dari parpol oposisi, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P). Tercatat setidaknya ada lima pimpinan pemerintah daerah yang memimpin demonstrasi menentang kebijakan harga BBM. Tiga di antaranya dari Jawa Timur. Wakil Walikota Surabaya, Bambang Dwi Hartono (BDH) memimpin ribuan kader banteng moncong putih menggelar orasi di depan Gedung Grahadi. Dalam aksinya, BDH menyatakan tak takut dengan ancaman sanksi keras dari Mendagri. “Saya sudah tahu risiko. Saya sudah menghitung. Tetapi, saya ingin berjuang untuk partai dan rakyat. Saya tidak ingin menjadi pelacur politik,” ujarnya usai orasi, Selasa (27/3). Bahkan ia mempersilahkan Mendagri untuk memecatnya jika aksinya tersebut menabrak aturan. “Saya minta kepada pak Mendagri untuk tetap memberikan sanksi secara tegas jika langkah saya ini menyalahi aturan. Jangan raguragu,” tantangnya. Tak mau kalah dengan rekannya, Walikota Malang Peni Suparto turun jalan memimpin sekitar 1.500 massa. Walikota asal PDI P ini siap menghadapi ancaman pecat dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ataupun Mendagri Gamawan. “Sikap saya tegas, saya menolak kenaikan BBM. Saya tak takut dipecat, undangundang melindungi saya,” kata Ketua DPC PDI P Malang itu di depan Balai Kota, kemarin. Menurutnya, sebagai pejabat publik yang dipilih langsung ia tak bisa dipecat gara-gara menyampaikan aspirasi. Termasuk oleh Menteri Dalam Negeri sekalipun, sehingga Peni tetap menyatakan menolak kenaikan BBM di hadapan publik Malang. Sikap agak lunak ditunjukkan Walikota Mojokerto asal PDI P, Abdul Gani Suhartono. Walikota yang akan lengser dari jabatannya tahun 2012 ini hanya menyambut kedatangan ratusan kader dan simpatisan dari Pengurus Cabang (DPC) Partai PDI-P Kota Mojokerto yang mendatangi Balai Kota setempat. Ia pun mendukung aksi penolakan kenaikan harga BBM. “Kita mendukung penolakan rencana pemerintah menaikan harga BBM,” teriak Gani Walikota Mojokerto dalam orasinya di depan Balai Kota, kemarin. Yang cukup keras dilakukan Wakil Walikota Surakarta Hadi Rudyatmo. Ia memilih cuti dari tugasnya sebagai orang kedua di kota Solo untuk mengomandoi ratusan massa yang berdemonstrasi di depan Balai Kota. Rudyatmo menyatakan siap menerima sanksi dari keikutsertaannya dalam aksi. “Silakan saja kalau akan memberi sanksi, saya siap untuk menerimanya,” kata Rudyatmo. Namun Rudyatmo berkilah dia memimpin aksi itu selaku Ketua Pengurus Cabang PDIPerjuangan Surakarta. “Kebijakan menaikkan harga bahan bakar minyak akan menyengsarakan masyarakat,” katanya. Apalagi, partainya saat

ini tengah getol menolak kebijakan pemerintah itu. Adapun kepala daerah terakhir yang tercatat ikut demo yakni Bupati Bangkalan, Madura Fuad Amin. Bupati Bangkalan dua periode ini tak takut dipecat karena dipastikan akan lengser dari jabatannya tahun ini dan tidak bisa mencalonkan lagi menjadi bupati di daerah itu. Sebelumnya, Mendagri mengancam akan memberikan sanksi tegas bahkan bisa berujung pada pemecatan jika kepala daerah ngotot membangkang kebijakan pemerintah pusat. Pengamat politik Universitas Airlangga Haryadi mengatakan, ancaman Mendagri tidak punya landasan yang jelas. “Saya tidak bilang ngawur. Tapi, tidak ada UU yang menyatakan kepala daerah di copot kalau turun aksi atau menolak kenaikan BBM. Saya melihat, pernyataan Gamawan Fauzi hanya sebagai bentuk gertakan,” paparnya. Namun tak sedikit yang mendukung ancaman Mendagri ini. Dukungan di antaranya datang dari mantan Wakil Presiden M Jusuf Kalla. Sesepuh Partai Golkar ini sepakat dengan langkah Mendagri), yang akan memecat pimpinan pemerintah daerah yang ikut demonstrasi. “Karena kebijakan nasional semestinya punya struktur sampai ke daerah,” katanya usai menyampaikan kuliah umum berjudul ‘Pemuda, Mahasiswa, dan Pembangunan Nasional’ di Universitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah, Selasa (27/3). Namun Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan Eva Kusuma Sundari menyebut, Mendagri tak paham undang-undang jika memaksakan pemecatan itu. Menurutnya, Mendagri tak berhak melarang gubernur ataupun bupati menolak kenaikan BBM ini. “Yang agak kami sesalkan adalah Mendagri mengancam kepala daerah yang menggerakkan demo. Apa argumennya? Karena kan dalam sistem politik sekarang mereka bukan bawahannya langsung. Gampangannya, kenapa mau memecat wong bukan bawahannya langsung,” ujar Anggota Fraksi PDI P DPR RI ini di gedung MPR/DPR, kemarin. Terkait pro kontra ini, peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro ikut berpendapat. Ia menjelaskan, aksi kepala daerah tersebut memang tidak melanggar aturan. Namun ada pelanggaran etika karena menentang kebijakan atasannya di pemerintah pusat. “Demo itu menyalahi etika. Kalau dia demo itu tidak tepat,” kata Zuhro saat dihubungi, Selasa (27/3). Pemerintah daerah memang memiliki otonomi seperti yang diatur dalam UU No.32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah. Hanya saja, bukan berarti pemerintah daerah bisa menolak kebijakan pusat dengan cara demonstrasi. “Kalau dia tidak setuju, bisa membawa secara administrasi tapi tidak demo. Ini menyalahi etika, dia bukan parlemen jalanan, bukan karena beda partai,” katanya. (pw1/vick/tpi/rpk/arw)


RABU, 28 MARET 2012

8

METR

Farhan: Lebih baik PSSI itu datang langsung ke klubklub ISL untuk rekonsiliasi.

SPORT

Tanpa ITC, N’Kong Batal Gabung

PERSELA

PERSIPURA BATAL: Tanpa ITC, Alain N’Kong tidak bisa didaftarkan ke PT Liga Prima Indonesia Sportindo.

Butuh Kerja Keras LAMONGAN (BM) – Jelang menjamu Persipura di Stadion Surajaya sore ini, Persela Lamongan langsung pasang kuda-kuda. Kini skuad asuhan Miroslv Janu itu menetapkan waspada tinggi meski Mutaiara Hitam ltak diperkuat sejumlah pilar. Janu mengakui pertandingan melawan Persipura akan jauh lebih berat dibandingkan dengan Persiwa, karena lawan memiliki materi pemain cukup bagus di semua lini. “Meskipun beberapa pemain inti Persipura absen, tetapi kekuatan mereka tidak bisa dipandang remeh. Kami harus bekerja keras untuk menang, sementara masa ‘recovery’ fisik juga sangat mepet,” kata pelatih asal Republik Ceko itu. Di sisi lain, pelatih Persipura Jacksen F Tiago enggan sesumbar akan menang di laga tandang tersebut. Jacksen mengatakan bahwa kekuatan timnya saat menghadapi Persela tidak lengkap, karena ada sejumlah pemain inti cedera dan akumulasi kartu kuning. “Dengan banyaknya pemain inti yang absen, sudah pasti berat bagi kami untuk bisa meraih angka penuh. Persela tim bagus dan solid, apalagi mereka juga main di kandang sendiri,” katanya. “Kalau Boaz dan Tibo (panggilan akrab Titus Bonai) sedang cedera, sedangkan tiga pemain lain di posisi belakang kena akumulasi kartu kuning saat lawan Arema,” tambah pelatih asal Brazil itu. (ant/ibn)

FOTO: BM/ANTARA

UJIAN BERAT: Pemain Persela, Gustavo Lopes (tengah) dihadang dua pemain Persiwa Wamena di laga Minggu (25/ 3). Persela akan kembali Persipura sore ini.

PIALA INDONESIA

Divisi Utama Bertarung Dulu JAKARTA (BM) – Piala Indonesia resmi digulirkan Selasa (27/3). Tapi, PT Liga Prima Indonesia Sportindo masih belum mengumumkan jadwal lengkap turnamen tersebut. Dalam situs resmi PT LPIS, digelar enam pertandingan kemarin. Selanjutnya, enam laga lagi dihelat Rabu ini (28/3). “Di masing-masing grup di Divisi Utama akan digelar empat pertandingan. Dua laga di tanggal 27 Maret 2012 dan dua pertandingan lainnya di tanggal 28 Maret 2012,” ujar CEO PT LPIS Widjajanto, Piala Indonesia akan digelar setiap hari Selasa dan Rabu. Untuk leg II putaran pertama, laga baru akan digelar pada 4 April . Even ini melibatkan 28 tim Divisi Utama dan 12 tim Indonesian Premier League (IPL) akan berlangsung enam putaran, 24 tim Divisi Utama (empat tim mendapatkan bye) bertanding lebih dulu karena jadwal kompetisi mereka lebih awal rampung. Sedangkan tim-tim IPL baru turun laga pada putaran kedua yang berisi 28 pertandingan. Even ini menggunakan sistem home and away. Laga final akan berlangsung di tempat netral. (ipl/ibn)

SURABAYA (BM) – Upaya Persebaya melengkapi pemain asing di ajang Indonesian Premier League (IPL) kembali gagal. Gelandang Alain N’Kong yang sebelumnya sudah diumumkan sebagai pengganti Amaral akhirnya batal gabung. Mantan pemain timnas Kamerun itu terkendala International Transfer Certificate (ITC). Bahkan, N’Kong kini disebut-sebut sedang diseleksi Arema yang berlaga di ajang Indonesia Super League (ISL). Berdasarkan keterangan dari media officer Persebaya, Ram Surrahman, gelandang asal Kamerun itu terkendala ITC saat didaftarkan ke Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS). “Kita sebenarnya sudah deal dan sepakat tentang harga. Bisa dibilang resmi mendapatkan N’Kong, tapi ITC dia ternyata tidak ada,” kata Ram, Selasa (27/3). Dia juga menjelaskan bahwa sejak berlaga di Liga Primer Indonesia (LPI) lalu, N’Kong juga tak dilengkapi dengan ITC. “Jadi setelah dia main dari Meksiko terus ke Atjeh United dulu itu juga tanpa ITC. Sebab saat itu LPI tidak berada di bawah PSSI,” jelas dia. Ditanya tentang kabar kebenaran pemain yang diageni Francis Yonga itu ke Arema ISL, Ram mengaku tak tahu menahu. Dia hanya meyakini kalau gelandang berusia 34 tahun itu bisa bermain di ISL. “Saya kurang tahu kalau hal itu. Tapi kalau di ISL dia bisa saja main tanpa ITC. Karena ISL saat ini tidak berada di bawah PSSI,” tambahnya. Padahal, PSSI telah mengakui ISL sebagai liga resmi meski proses itu belum sepenuhnya rampung. (bln/ibn)

FOTO: BM/TOVAN BEKA

Nasib Indonesia di Ujung Maret Rekonsiliasi Kedua Baru Dilakukan Saat Pembahasan FIFA Dimulai JAKARTA (BM) – Harapharap cemas PSSI terkait sikap Induk Sepakbola Internasional (FIFA) menyoal kisruh sepakbola nasional sedikit diperpanjang. Rapat Komite FIFA di Zurich, Swiss, Senin (26/3) malam WIB akhirnya tak memberikan keputusan apapun. Konflik sepakbola Indonesia kini dilimpahkan pada forum rapat Komite Eksekutif (exco) FIFA pada 29-30 Maret mendatang. “Kasus PSSI akan didiskusikan dalam Rapat Komite Eksekutif FIFA yang akan digelar pada Kamis dan Jumat(29-30Maret)mendatang,” jelas Departemen Media FIFA, melalui surat elektronik yang dikirimkan kepada wartawan, Senin malam (27/3). Ketua PSSI Djohar Arifin Husin mengaku telah mendengar kabar tersebut. “Pengunduran (pembahasan konflik PSSI) ini harus kami sikapi dengan percepatan proses rekonsiliasi (dengan KPSI dan Indonesia Super League atau ISL),” ungkap dia di Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta, Selasa (27/3) pagi. Tapi makna percepatan yang disebut Djohar terkesan kurang maksimal ketika PSSI justru baru mengundang klub Indonesia Super League (ISL) pada 29 Maret. Artinya, upaya rekonsiliasi dengan menemui klub ISL yang kedua baru dilakukan keti-

ka rapat exco di Zurich dimulai. Sehari sebelumnya, Direktur PT Persib Bandung Bermartabat, M. Farhan, memberi saran kepada Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, agar mendatangi klub-klub yang bermain di kompetisi ISL sebagai upaya rekonsiliasi. “Lebih baik PSSI (Djohar Arifin) itu datangi saja langsung ke klub-klub LSI untuk rekonsiliasi,” kata Farhan Senin lalu. PSSI pada 14 Maret 2012 mengundang klub-klub LSI untuk membahas rekonsiliasi. Namun, dari 12 klub yang diundang, hanya Persib Bandung yang hadir. Pertemuan yang berlangsung di Hotel Crowne Plaza itu pun berakhir tanpa hasil. Pada pertemuan itu PSSI menawarkan lima skema penyelesaian dualisme kompetisi, antara lain kompetisi harus tetap sesuai regulasi FIFA, melebur ISL dan Indonesian Premier League (IPL), sedangkan pengelola kompetisi dirundingkan bersama. Lima skema itu akan kembali ditawarkan PSSI dalam pertemuan kedua dengan klub-klub ISL besok. Limbong berharap klub-klub ISL hadir, sehingga proses urun rembug bisa segera dimulai. “Ini semua demi kebaikan kita. Mari kita duduk bareng. PSSi telah mengakui LSI, tidak ada lagi alasan untuk tidak bersatu,” kata Bernhard Limbong

ketua tim rekonsiliasi. Seperti diketahui, PSSI diberikan tenggat penyelesaian kisruh internal organisasi hingga Selasa (20/3) silam. Namun, PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin gagal melakukan rekon-

siliasi hingga batas waktu itu. Malah, pada Minggu (18/3) lalu, Komite Penyelamat Sepak bola Indonesia (KPSI) yang selama ini menetang Djohar cs, justru melahirkan PSSI tandingan. Ketika itu, La Nyalla Mattaliti di-

pilih sebagai ketua melalui Kongres Luar Biasa (KLB) di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta. Kini nasib sepakbola Indonesia akan bergantung pada sikap FIFA yang akan diputus pada akhir Maret nanti. (rep/tem/ibn)

Djohar Yakin Lolos Sanksi KESUKSESAN rekonsiliasi atas konflik PSSI akan menjadi pertimbangan FIFA menyikapi sepakbola Indonesia. Meski proses rekonsiliasi dengan klub Indonesia Super League (ISL) itu belum menujukkan tandatanda, Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin optimistis Indonesia akan terhindar dari sanksi FIFA. Djohar yakin lantaran dukungan dari semua anggota federasi sepakbola di Asia. “Semua anggota federasi di Asia mendukung upaya kami dalam menyelesaikan permasalahan yang ada,” ujar Djohar melalui rilis Humas PSSI. “Lima poin rekonsiliasi yang kami tawarkan mendapat acungan jempol dari mereka, termasuk dari Exco AFC. Karena itulah, rekomendasi perpanjangan deadline untuk Indonesia diterbitkan dan sudah dikirim ke FIFA,” tambahnya.

Pengiriman surat oleh AFC ke FIFA, lanjut Djohar, memuat harapan agar sidang Exco FIFA yang berlangsung di Zurich, 2930 Maret, tidak membahas masalah Indonesia. “Harapan kami memang jangan sampai ada sanksi. Sebab, jika saja sanksi itu turun, yang rugi adalah sepakbola Indonesia.

Djohar

Untuk itulah, segala upaya sedang kami lakukan,” ujarnya. Namun, sanksi terhadap Indonesia dari FIFA memang sepertinya tidak akan dijatuhkan dalam waktu dekat. Sebab, dari 32 agenda meeting Exco FIFA yang telah dirilis dan ditanda tangani langsung Sekjen FIFA, Jerome Valcke, masalah Indonesia tidak masuk dalam pembahasan. (ant/ibn)

Arifin


PRAKIRAAN CUACA HARI INI

TELEPON PENTING SURABAYA: PMK Surabaya 031-3533843-44 Polda Jatim (031) 8280748 Polrestabes Sby (031) 3523927 Polres Tanjung Perak(031) 3293023

www.kabarmetro.com

SIDOARJO

MALANG

HUJAN RINGAN

HUJAN RINGAN

SUHU : 24 - 31 °C KELEMBABAN : 66 - 95 %

SUHU : 20 - 29 °C KELEMBABAN : 68 - 94 %

GRESIK

MOJOKERTO

HUJAN RINGAN

HUJAN RINGAN

SUHU : 25 - 33 °C KELEMBABAN : 58 - 94%

SUHU : 21 - 30 °C KELEMBABAN : 68 - 96 % Sumber: BMKG Indonesia

RABU, 28 MARET 2012

Hong Kong Surga Wisata dan Belanja (3)

Saat di Madame Tussauds, dengan patung lilin Obama.

Mejeng Bersama Tokoh Dunia Sesampai di The Peak atau di puncak tertinggi Hong Kong, ada tiga fasilitas ruangan —The Peak Tower, Sky Terace, Madame Tussauds— sebagai fasilitas wisata yang kelola begitu apik dan menggiurkan semua mata ketika menonton. Betapa tidak? Ketiga gedung itu mempunyai kelebihan masing-masing yang sengaja diperuntukkan untuk memanjakan pengunjung dari berbagai negara.

THE Peak Tower ialah sebuah gedung Mall dengan desain cukup unik, bangunan ini dengan

sederhana dan tertata serta arsitektur seperti mengikuti jamannya, didalamnya terdapat toko-toko

dengan menjual beraneka ragam souvenir khas Hong Kong atau khas  HALAMAN 15 FOTO:BM/DOK/DJOKO TETUKO

PENUTUPAN SALURAN BRANDGANG

Demo Tolak Kenaikan Harga BBM

EFEK DEMO BBM

Cari Aman, Mobdin Ganti Plat Hitam MOJOKERTO, (BM) – Seluruh mobil dinas di lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto diganti plat hitam. Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi menjadi sasaran pengunjuk rasa yang menolak rencana kenaikan harga BBM pada 1 April mendatang.  HALAMAN 15

FOTO:BM/IST

Pemkot-Dewan Mojokerto Kompak Dukung Penolakan SURABAYA, (BM) - Ancaman pemecatan oleh pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang terang-terangan mendukung demonstrasi penolakan harga BBM, tidak menyurutkan beberapa kepala daerah di Jawa Timur turun ke jalan. DI Mojokerto, aksi damai permintaan para simpatisan ratusan kader dan simpatisan partai oposan itu. Bersama wakil DPC PDI Perjuangan Kabu- walikota dan sekdakot serta paten dan Kota secara terpisah ketua dewan, menemui pemelakukan demo menolak ngunjuk rasa yang berorasi di rencana kenaikan harga BBM. depan kantor pemkot. Di atas panggung, walikota Dalam orasinya mereka memintah para pemimpin yang didampingi ketua dewan daerah yang dipilih langsung Kabupaten Mojokerto, Setyo oleh rakyat untuk ikut men- Puji Lestari tegas mendukung dukung gerakan menolak aksi penolakan rencana perencana pemerintah me- merintah. “Kita mendukung penolakan rencana pemerintah naikan harga BBM. Walikota Mojokerto, Ir. menaikan harga BBM,” seru Abdul Gani Soehartono MM Abdul Gani. dan Ketua DPRD merespon  HALAMAN 15

Salah satu mobil dinas pemkot Mojokerto yang berganti plat ketika keluar dari kantor.

Sholati Jenazah di Keranda SBY dan Boediono TAK berbeda dengan rekanrekannya di kota-kota Jawa Timur lainnya, ratusan kader PDIP Bojonegoro juga menggelar aksi demo kemarin. Di depan Kantor Bupati di Jl Tumapel, mereka menggelar sholat jenasah yang diakhiri tahlil dan tahmid di depan keranda yang diselimuti kain putih. Dua foto Presiden SBY dan Wapres Boediono yang tertempel di keranda, seakan menjadi simbol matinya pemerintah. Aksi itu tahapan dari long march demonstrasi kader banteng moncong putih yang menolak kenaikan BBM, sebelumnya dilakukan aksi yang

sama dengan start dari Sekretariat DPC PDIP Bojonegoro, kemudian berorasi di Bundaran Adipura dan di Halaman DPRD setempat. Mereka ada yang jalan kaki, naik motor, truk dan mobil pribadi. Tidak kalah banyaknya, aksi mulia yang menuding Presiden SBY harus turun tahta atau tidak menaikkan BBM itu dikawal ratusan polisi berpakian dinas maupun preman. Sepanjang aksi, tidak terjadi bentrokan antara pendemo dengan polisi. Namun jalur lalu lintas yang membentang di Kecamatan Kota Bojonegoro mengalami kemacetan. Terutama antrian panjang

terjadi di jalur yang menghubungkan Kota Bojonegoro – Cepu dan Lamongan. Polisi terpaksa bekerja keras dengan sistim buka tutup di sepanjang jalan. Selain membawa poster yang mengecam kenaikan BBM, pendemo juga membagikan selebaran tuntutan. “PDIP Perjuangan telah bersikap tegas, berpihak kepada rakyat, kami tidak akan berhenti meneriakkan tolak kenaikan harga BBM. Ini garis politik kami demi menyelamatkan kehidupan masyarakat miskin dan menyelamatkan kehidupan rakyat, “ kata Donny Bayu Setiawan korlap aksi.  HALAMAN 15

Hari Ini, Jaksa Lakukan Panggilan Pertama

RAKORNAS KPI

KPID Jatim Gagas Digitalisasi Penyiaran FOTO:BM/IST

FOTO:BM/BIRO DAERAH

KONDUSIF: Rentetan demonstrasi penolakan di beberapa daerah di Jawa Timur berlangsung aman. kekhawatiran akan terjadi chaos tidak terbukti di lapangan. Justru massa pendemo di beberapa kota lebih sedikit dibanding pasukan pengamanan yang dikerahkan

SURABAYA, (BM) Hari Penyiaran Nasional yang jatuh 1 April mendatang, rencananya juga akan dibarengi dengan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) KPI. Hal tersebut di ungkapkan Ketua KPID Jatim, Fajar Arifiyanto. Dalam rangkaian tersebut pihaknya menyatakan akan menggelar berbagai macam Fajar Arifiyanto agenda seperti talk show, seminar mupun yang sifatnya refreshing.  HALAMAN 15

Musyafak Segera Dijebloskan Bui Surabaya, (BM) – Setelah pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya bersikap pasif atas putusan Mahkamah Agung (MA) yang mementahkan vonis bebas dari Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Kajari memerintahkan untuk melakukan pemanggilan. Hari ini, Rabu (28/3), terpidana Drs. H. Musyafak Rouf, MH resmi dilakukan pemanggilan pertama. KAJARI Surabaya Mukri, SH, MH membenarkan, kalau memerintahkan Pidsus (Pidana Khusus) membikin pemanggilan. “Ya besok (hari ini) akan dilakukan pemanggilan pertama. Kita normatif saja, menindaklanjuti dari MA,” tandas Mukri, didampingi Kasi Pidsus Nurchayo Jungkung Madyo, SH, kemarin (27/3).

Lanjut Kajari, secara teknis, dirinya terus melaporkan perkembangan kasus Musyafak. Sebab, setelah MA memberikan salinan putusan dari Kejagung dan Kejati juga terus memantau. “Kami hanya melakukan secara prosedur saja. Karena putusan dari MA hanya vonis Musyafak, maka kami laksanakan,” paparnya. Yang jelas, kasus gratifikasi Rp

720 juta, melibatkan mantan Ketua DPRD Surabaya Musyafak Rouf, Sekkota Sukamto Hadi, Asisten II Mukhlas Udin dan mantan Kabag Keuangan Purwito, saat persidangan di PN Surabaya, keempat terdakwa divonis bebas. Namun, putusan pengadilan tingkat pertama itu dimentahkan saat JPU kasasi ke MA. Sayangnya, hanya putusan Musyafak yang turun, diganjar hukuman 18 bulan penjara. Setelah lama terkatungkatung, Selasa (20/3) lalu, PN maupun Kejari Surabaya menerima salinan putusan tersebut. Musyafak yang kini menjabat Wakil Ketua DPRD

FOTO:BM/TOVAN BEKA

Drs. H. Musyafak Rouf, MH dalam persidangan.

Surabaya dan Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Surabaya ini terancam dijebloskan ke penjara. Secara terpisah, Humas PN Surabaya Agus Pambudi mem-

benarkan pihaknya telah menerima salinan putusan tersebut dan telah dikirim para pihak, yakni jaksa dan penasihat hukum terdakwa.  HALAMAN 15


GAS CHLORINE V3 BOCOR

RABU, 28 MARET 2012

10

METRO SURABAYA

Wishnu Wardhana: Pemakaman dan perabuan ini tetap mengenakan retribusi pemakamam sehingga tidak gratis. FOTO: BM/DOK

Pemkot Revisi Retribusi Biaya Pemakaman

KELUARKAN GAS: Hotel V3 tambak bayan Surabaya

Massa Sweeping Hotel SURABAYA, (BM) – Polisi terpaksa memasang police line untuk mengantisipasi kemarahan warga Tambak Bayan yang marah dengan bau busuk yang keluar dari dalam Hotel V3. Bahkan sebagian massa sempat melakukan aksi sweeping untuk mencari sumber bau yang cukup menyengat itu, Selasa (27/3). Kompol M.P Sitanggang Kapolsek Bubutan mengatakan, langkah itu terpaksa diambil sebagai antisipasi meredam kemarahan warga yang keracunan gas chlorine. Menurut dia, paparan gas chlorine itu memang cukup menyesakkan mereka yang menghirupnya, terutama dalam radius 20 meter dari tanki penampung gas yang ada di halaman depan hotel. Selain itu, polisi juga berusaha memediasi manajemen hotel dan warga agar konflik berkepanjangan itu tidak semakin runcing. Perseteruan antara warga Kampung Tambak Bayan Tengah sudah terjadi sejak sekitar tahun 1995. Konflik agraria ini terjadi lantaran terbitnya sertifikat atas tanah yang sudah puluhan tahun dihuni oleh warga sampai 3 generasi. Diantara warga ada yang bersedia pindah setelah mendapat uang tali asih dari manajemen Hotel V3. Tapi sebagian besar menolak pindah. Karena merasa didzalimi, warga pun melawan. Selain lewat jalur hukum, mereka juga pernah mengadu ke DPR. Warga juga memasang spanduk mendeskreditkan hotel itu sebagai ‘Hotel Mesum’ dan mencegat para calon tamu agar tidak menginap di sana. Akhirnya hotel itupun sepi tamu. Emosi warga kian mereda setelah Sarmo Manager Operasional Hotel V3 dihadirkan untuk memberi penjelasan tentang penanganan masalah ini. Dalam pernyataannya, manajemen hotel menyatakan siap memberikan ganti biaya pengobatan bagi warga yang sakit. Laporan warga, seorang balita dan orang dewasa bernama Wijaya sempat pingsan karena tidak tahan dengan bau busuk gas chlorine. Kata Suseno Ketua RT 5/RW 4 Kampung Tambak Bayan Tengah, balita itu anak Feri warga yang tinggal persis di depan Hotel V3. Dia tinggal di radius sekitar 20 meter dari tanki chlorine yang bocor. “Tadi sudah dibawa ke rumah sakit, anaknya pingsan,” kata Suseno. Sarmo juga mengatakan yang bocor memang gas chlorine. Gas itu digunakan untuk membunuh cacing di air yang digunakan untuk mandi para tamu hotel. “Airnya kita beri gas chlorine kemudian dibiarkan beberapa lama, lalu disaring. Airnya kemudian dipakai untuk mandi tamu hotel,” kata dia. Kebocoran itu terjadi karena katup yang tidak tertutup rapat. Katup itu berada di kolam ikan halaman depan hotel. Karena terendam air kolam, konsentrasi gas itu tidak begitu kuat. Tapi tetap saja gas itu merebak sampai radius sekitar 500 meter ke rumah-rumah warga sejak pukul 06.00 WIB kemarin. (ss/epe)

Mahalnya Ongkos Kematian Rencana anggota Komisi C DPRD menggratiskan biaya pemakaman di Surabaya gagal terealisasi. Setelah ditolak Gubernur Jatim Soekarwo, perda Retribusi Pemakaman dan Perabuan Jenazah langsung dilakukan revisi. SURABAYA, (BM) - Hasilnya, warga Kota Surabaya yang mati dan dimakamkan di taman pemakamam umum (TPU) milik Pemkot akan dikenakan retribusi. “Pemkot bersama dewan harus langsung melakukan pembahasan lagi untuk merevisi dan kini sudah selesai. Hasilnya, perda retribusi pemakaman dan perabuan ini tetap mengenakan retribusi pemakamam sehingga tidak gratis,” jelas ketua dewan Wishnu Wardhana di ruang kerjanya, Selasa (27/3). Dalam perda yang sudah direvisi itu, masyarakat tetap dipungut retribusi ketika melakukan pemakaman di TPU Pemkot Surabaya. Hanya saja, mereka yang tidak mampu atau dari keluarga miskin yang meninggal dunia akan diberi dispensasi dengan tidak membayar retribusi alias gratis. “Retribusi pemakaman ini murah karena hanya Rp 100 ribu. Itu sudah digali dan tinggal memakamkan saja. Setelah itu ahli waris dipungut retribusi sebesar Rp 170 ribu per tiga tahun sebagai biaya

sewa lahan. Menilik retribusi ini kan murah. Lihat saja banyak orang melakukan perabuan dengan biaya jutaan rupiah, kok bayar retribusi tidak mampu,” jelasnya. Wishnu menambahkan, dimanapun berada yang namanya perda retribusi, tentu tidak ada yang gratis. Sebab jika digratiskan, tambah Wishnu, tentu akan membebani APBD. Padahal, banyak masyarakat yang mampu. “Jika untuk keluarga miskin memang gratis sehingga tidak dipungut retribusi. Sedangkan yang mampu tetap dipungut retribusi,” cetus politisi yang meniti karir dari Partai Demokrat tersebut. Untuk diketahui, kerja keras pansus perda retribusi pemakamam dan perabuan, akhirnya siasia. Meski sudah disahkan dalam rapat paripurna DPRD Surabaya beberapa waktu, namun perda tersebut ditolak Gubernur Jatim. Bahkan berdasarkan rekomendasi gubernur, perda itu nantinya harus mengacu pada perda lama. Tentunya, pemkot harus memungut retribusi pemakaman dan perabuan jenazah. Gubernur beralasan, untuk mengelola pemakaman itu menggunakan APBD Surabaya. Dan jika menggunakan anggaran negara, maka harus ada kontribusi berupa pendapatan. Karena itu tak cocok menggratiskan biaya pemakaman tersebut. Sebelumnya, Pansus DPRD Surabaya memutuskan agar di Surabaya tak ada retribusi untuk pe-

makaman alias gratis. Alasannya, APBD Surabaya dianggap mampu untuk menangani hal tersebut. Lagi pula, jika diberlakukan, potensi pendapatannya sangat kecil, hanya Rp650 juta per tahun. Sementara Sachiroel Alim Anwar Ketua Komisi C (pembangunan) DPRD Surabaya, saat dikonfirmasi revisi yang dilakukan Gubernur Jawa Timur terhadap Perda pemakaman tidak menampik kabar tersebut. Menurut Alim, adanya revisi yang dilakukan merupakan hal yang wajar. “Itu tupoksi Gubernur jika memang beliau minta adanya revisi, tentu hal itu sudah berdasarkan beberapa pertimbangan jika gubernur minta perda pemakaman direvisi,” sebut Alim. Alim menjelaskan, dengan direvisinya perda tersebut, dirinya memastikan sesuai dengan mekanisme yang ada maka perda itu nantinya akan dikembalikahn ke banmus kemudian akan dibentuk pansus baru setelah itu baru kembali diparipurnakan lagi. Sayangnya ketika ditanya poin apa saja yang mendapat catatan dari gubernur, Alim mengaku tidak tahu. “Saya kurang tahu poin apa saja itu, yang jelas sesuai dengan mekanisme yang selama ini berlaku maka dewan akan kembali membahasnyatergantung poin yang direvisi. Jika memang perlu dibentuknya pansus baru maka akan dibentuk tinggal tunggu rapat di banmus nanti,” ungkap Alim. (bmb/epe)

FOTO: BM/TOVAN BEKA

MAKAM: Seorang ibu selesai membersihkan tempat pemakaman umum pegirian Surabaya.

Pemkot Surabaya Gelar “Car Free Day”

Balai Kota Steril Ranmor Tiap Akhir Bulan SURABAYA, (BM) - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan menggelar Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau “Car Free Day” (CFD) di Lingkungan Pemkot Surabaya yakni di Jalan Jimerto, Sedap Malam, dan halaman Taman Surya, setiap Jumat terakhir tiap bulan. Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Kota (Sekkota) Surabaya Muhlas Udin, Selasa, mengatakan, kegiatan ini untuk menjaga kualitas udara di lingkungan kantor pemerintahan kota. “Berbeda dengan CFD pada

umumnya, CFD di lingkungan Pemkot Surabaya ini dilaksanakan pada hari kerja, yakni setiap Jumat terakhir tiap bulan,” katanya. Menurut dia, ketiga jalan tersebut akan disterilkan dari segala jenis kendaraan bermotor mulai Jumat (30/3) pada pukul 05.00 WIB sampai 16.00 WIB. Muhlas mengatakan pemkot sebagai motivator pembangunan kota ingin memulai upaya pemeliharaan udara bersih di sekitar kantor melalui kegiatan CFD ini. Untuk itu, seluruh karyawan di lingkup Pemkot Surabaya diimbau ti-

dak membawa kendaraan bermotornya ke kantor melainkan dengan memanfaatkan kendaraan umum atau sepeda. “Imbauan itu juga berlaku bagi masyarakat yang berkepentingan dengan pemerintah kota khususnya di Jln. Jimerto dan Balai Kota,” ujarnya. Namun demikian, lanjut dia, bagi warga yang terlanjur membawa kendaraan bermotor disediakan lokasi parkir di luar area CFD, tepatnya di Jln. Wijayakusuma. Khusus bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan puskesmas par-

kir kendaraan roda dua berada di Jln. Jaksa Agung Suprapto. “Untuk yang hendak ke puskesmas kami sediakan parkir yang berdekatan, pertimbangannya adalah karena terkait dengan orang sakit,” kata Muhlas. Sedangkan seluruh mobil operasional Pemkot Surabaya akan diparkir di belakang Gedung Balai Kota. Muhlas berharap dengan adanya kegiatan ini, dapat menghemat pengeluaran untuk bahan bakar, dan yang lebih utama polusi udara di sekitar kantor Pemkot Surabaya dapat ditekan. (at/epe)

FOTO: BM/TOVAN BEKA

UNAS: Pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat SMA pertengahan April nanti menjadi ujian bagi kadindik.

Jelang UN 2012

Komisi D Tuntut Dindik Serius SURABAYA, (BM) - Pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat SMA pertengahan April nanti, bakal menjadi ujian awal Kepala Dinas Pendidikan baru Ikhsan yang ditetapkan setelah dua tahun kursi itu hanya diisi pejabat definitif. Tak heran, anggota dewan begitu berharap, formula baru diambil Kadindik untuk kembalikan Surabaya sebagai barometer pendidikan nasional. Termasuk kembali memasukkan dalam jajaran sekolah dengan nilai UN tertinggi di Indonesia. Anggota Komisi D Masduki Toha mengatakan, Dindik Surabaya harus mempersiapkan peserta UN dengan materi ujian dan mental agar bisa konsentrasi di hari-H. “Memang pejabat Dinas Pendidikan kota Surabaya diisi oleh pejabat baru setelah lebih dari dua tahun diisi oleh Plt. Tapi tidak bisa jika hasilnya buruk kemudian mengatakan dirinya baru menjabat belum lebih sebulan. Surabaya harus kembali menjadi salah satu ikon pendidikan terbaik di Jawa timur dan Indonesia,” tegas Cak Duki panggilan akrabnya, Selasa (27/3). Selain meminta Kadindik melakukan persiapan semaksimal mungkin, politisi yang juga tokoh masyarakat di Kecamatan Benowo dan Pakal itu juga menghimbau agar masyarakat terutama orang tua turut menyiapkan para siswa dalam mengikuti Unas dengan baik. Menurutnya bimbingan dan dukungan orang tua adalah faktor dominan dalam keberhasilan peserta didik mengikuti

ujian nasional. ”Orang tua juga harus terus mengawasi dan mendukung anaknya agar dalam menghadapi Unas bias berhasil optimal. Factor orang tua adalah penting karena persiapan di rumah menjadi hal yang paling signifikan,” terangnya. Sementara saat disinggung terkait kesiapan komisinya memngawal pelaksanaan UN, Masduki membuka pintu bagi semua pihak yang mendapatkan persoalan hadapi UN. Untuk diketahui, Ujian Nasional untuk tingkat SMA/MA akan berlangsung pada 16-19 April 2012, dan UN susulan akan dilaksanakan pada 23-26 April. Untuk jenjang SMP/MTs dan SMPLB, UN akan dilaksanakan pada 23-26 April 2012, dan UN susulan akan berlangsung pada 30- 4 Mei 2012. Sedangkan untuk jenjang SD/MI/SDLB UN akan digelar pada 7-9 Mei 2012, dan UN susulan akan dilaksanakan pada 1416 Mei 2012. Hasil UN tingkat SMA/MA dan SMK akan diumumkan pada 24 Mei 2012. Tingkat SMP/MTs, SMPLB dan SMALB pada 2 Juni 2012. Sedangkan untuk pengumuman kelulusan UN tingkat SD menjadi kewenangan setiap provinsi. Sementara dikonfirmasi kepada Kepala Dinas pendidikan Kota Surabaya Ikhsan dirinya mengaku jika persipan pelaksanaan ujian nasional (UN) di Surabaya sudah siap. “Persiapan sudah hampir selesai. Bahkan pada akhir maret ini para petugas yang bertugas UN nanti sudah akan kami lantik,”jelas Ikhsan. (bmb/epe)


RABU, 28 MARET 2012

PENYELUNDUPAN

11

HUKRIM

AKBP Marjuki: Purchasing Manager PT Tohitindo yang kini juga ditetapkan tersangka. Diduga, penimbunam BBM.

Timbun BBM, Tiga Perusahaan Digrebek Digunakan Untuk Bahan Bakar Mesin Forklip Tiga perusahaan nakal yang memanfaatkan kelangkaan BBM dengan cara menimbun BBM jenis solar, berhasil diungkap Satreskrim Polres Sidoarjo, Ketiga perusahaan tersebut adalah , PT Tohitindo Multi Craft, beralamat di Krian, PT Praba Wira Dewata, beralamat di Buduran dan PT Sinar Sarana Elektrica, beralamat di Wonoayu. Selasa (27/3).

FOTO: BM/IST

DISIRAM THINNER: Korban Istiana yang terkapar di rumah sakit setelah disiram rekan kerjanya dengan Thinner karena saling ejek.

Tidak Tahan Diejek, Siram Teman Kerja dengan Tinner

SIDOARJO, (BM) - Pengungkapan kasus ini bermula, saat polisi curiga dengan pembelian BBM di beberapa SPBU dengan jumlah besar. Penimbunan itu terkuak setelah adanya penimbunan BBM yang dilakukan oleh tiga perusahaan melalui Truk trailer Nopol S 822 US milik PT Tohitindo Multi Craft yang disopiri Sucipto dan Akhmunudin, membeli BBM di SPBU kawasan Taman. Kapores Sidoarjo AKBP Marjuki menjelaskan BBM jenis solar saat sampai di perusahaan kemudian disedot dan dimasukkan ke dalam drum dan jirigen oleh karyawan setempat yang bernama Supri. BBM itu digunakan untuk bahan bakar mesin forklip di perusahaan yang bergerak dibidang packing dan produksi flooring tersebut. “Sucipto mengaku disuruh oleh Edy Suhartono selaku Purchasing Manager PT Tohitindo yang kini juga ditetapkan tersangka. Diduga, pe-

SURABAYA, (BM) – Emosi sesaat ternyata membawa petaka. Hanya karena sering diejek, Anis (26), warga Jalan Tenggumung Baru kapal, Surabaya nekat menyiram Istiana (17), warga Kedungmangu, Surabaya. teman sekerjanya di pabrik sepatu UD Cahaya Melati dengan cairan kimia(tinner,red) karena tidak tahan dengan ejekan yang sering dilontarkan korban. Akibat penyiraman itu, kini Istiana terancam kebutaan pada mata kanannya. Kasus penganiayaan ini ditangani Unit Jatanum Sat Reskrim Polrestabes Surabaya. Kasat Reskrim AKBP Farman melalui Kanit Jatanum AKP Yunus Saputra, menjelaskan kepada wartawan bahwa kejadian penyiraman tersebut terjadi ketika keduanya masih dilingkungan kerja. ”Persoalannya adalah karena tidak kuat menahan emosi, sehingga adu mulut itu berujung dengan adanya korban. Pelaku yang tidak tahan mengambil tinner yang berfungsi untuk membersihkan lem,” ujar AKBP yunus ketika ditemui di Polrestabes Surabaya. Selasa (27/3) Dalam peristiwa ini diketahui jika pelaku dan korban juga sempat saling siram tinner. “Tersangka langsung membersihkan cairan itu dari wajahnya dengan air dan sabun, sehingga tidak sampai mengalami luka bakar. Sedangkan korban tidak sempat membersihkan, akhirnya mengalami luka bakar dan cedera di bagian mata,” tegas Kasat Reskrim AKBP Farman melalui Kanit Jatanum AKP Yunus Saputra. Dihadapan petugas penyidik Anis mengaku emosi dengan ulah korban yang selalu mengejeknya. Namun pelaku enggan membeberkan ucapan Istiana yang menyinggung perasaannya “Saya dengar dia ngejek dari belakang. Saya timpali kalau berani ngejek di depan orangnya. Jangan dari belakang,” kata Anis. Menurut Anis perlakuan Istiana tidak hanya dengan dirinya saja melainkan juga kepada teman-teman satu pekerjaan mereka. “Dia anak baru di pabrik, Tetapi dia sudah berani ambil jatah garapan sepatu punya karyawan lain. Sebenarnya yang tidak suka sama dia banyak. Cuma kita semua ya diam saja selama masih wajar,” ujar Anis pula. Namun, tindakan penyiraman yang dilakukan Anis ini membuat dirinya dijerat menggunakan Pasal 351 KUHP tentang penganiayaan berat dengan ancaman hukuman diatas lima tahun. (ami)

nimbunam BBM itu dilakukan sejak Tahun 2010 lalu. Perusahaan itu membeli solar ke SPBU dalam seminggu antara 4 sampai 5 kali. Itupun dilakukan sejak tiga tahun lalu dan baru terungkap kali ini,” ucap Marjuki. Kapores Sidoarjo AKBP Marjuki menambahkan dalam pengawasan ketatnya aksi penimbunan BBM menjelang kenaikan harga BBM, kesatuannya juga berhasil menangkap Suparwi dan Suyanto, sopir forklip milik PT Praba Wira Dewata. Suparwi membawa forklip berkapasitas 2,5 ton ke SPBU di Jalan Lingkar Timur, Sidoarjo. Forklip itu kemudian diisi premium oleh Suparwi yang mengaku disuruh oleh Vincensius Loso selaku kepala gudang. Dia diberi uang Rp 200 ribu untuk membeli bensin, padahal premium yang dibeli bukan untuk industri melainkan BBM bersubsidi. Bukan hanya itu, selama ini perusahaan tersebut juga membeli ben-

sin dengan menggunakan jurigen untuk keperluan forklip. “Kalau membeli bensin langsung menggunakan forklip ke SPBU, menurut keterangan tersangka baru sekali,” lanjut mantan Kapolres Jombang itu. Selain mengamankan sebanyak tujuh orang, Polres Sidoarjo juga berhasil mengamankan BBM sebanyak 3 ton jenis solar dan premium. Selain itu, polisi juga menyita 29 drum berisi solar, satu buah selang untuk menyedot BBM. Polisi juga menyita dua unit truk traiker Nopol S 8222 US dan S 8226 US dari PT Tohitindo. Sedangkan dari PT Praba Wira Dewata, polisi menyita 1 unit Forklif kapasitas 2,5 ton serta nota pembelian bensin. Sedangkan dari PT Sinar Sarana Elektrica, polisi berhasil menyita 1 unit forklif dan nota pembelian bensin. “Kita masih menyelidiki kasus ini, ada kemungkinan melibatkan orang dalam perusahaan,” tandas Marjuki dengan berdalih menjerat pelaku yang melanggar pasal 53 atau UU No 22 Tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi, dengan ancaman hukuman paling lama 6 tahun dan denda paling banyak 60 miliar. (dea/ami)

FOTO: BM/ANT

ILEGAL: Ratusan botol jamu Ilegal yang disita Polres Ngawi.

Ratusan Botol Jamu Ilegal Disita Polres Ngawi NGAWI. (BM) - Petugas Satuan Narkoba Kepolisian Resor Ngawi berhasil menyita ratusan botol jamu ilegal yang tidak memiliki izin edar di wilayah hukum setempat. Kasat Narkoba Polres Ngawi, AKP Didik Setyawan, mengatakan, ratusan botol jamu ilegal tersebut bermerek Inti Daun Dewa yang didapatkan dari tersangka Edy Supriyan warga Desa Tlogo, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar. Selasa (27/3) “Ratusan botol jamu ilegal tersebut sedianya akan dikirim ke wilayah Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi. Jamu-jamu ini didatangkan dari daerah Blitar,” ujar AKP Didik, kepada wartawan di Mapolres Ngawi. Menurut dia, pengiriman jamu ilegal ini diketahui saat petugas polisi melakukan patroli di wilayah Paron, Ngawi. Petugas curiga dengan laju mobil Hijet bernomor polisi AG-1711-VD yang dikendarai tersangka. Mobil tersebut melaju pelan seperti membawa beban yang sangat berat. “Setelah dihentikan dan diperiksa, petugas menemukan sebanyak 450 botol berisi jamu Inti Daun Dewa di dalam mobil tersebut. Saat dicermati, jamu tersebut tidak memiliki izin resmi dan edar dari badan terkait sehingga rawan membahayakan kesehatan bagi yang mengonsumsinya,” kata AKP Didik. Dalam botol kemasan jamu tersebut juga tidak tertera nomor register dan daftar kandungan bahan jamu dari Kementerian Kesehatan. Akhirnya, petugas membawa tersangka dan barang bawaannya ke Mapolres Ngawi untuk pemeriksaan lebih lanjut. Sementara itu, tersangka Edy mengaku tidak mengetahui jika jamu yang ia bawa adalah ilegal. Sebab ia hanya bekerja sebagai kurir untuk mengantar jamu tersebut atas pesanan seseorang di Ngawi. “Saya tidak tahu soal jamu itu, apakah sudah ada izinnya atau belum. Saya hanya mengirimnya saja dari Blitar sesuai pesanan,” ujarnya singkat. (ant/ami)

KEJAHATAN JALANAN

Jambret Kambuhan Beraksi, Puluhan Juta Melayang

FOTO: BM/DEA

TIMBUN BBM: Polisi memeriksa BBM yang dibeli dengan menggunakan jerigen namun melebihi kapasitas pembelian. BBM jenis solar tersebut digunakan untuk bahan bakar mesin forklip di PT. Tohitindo.

Iseng Main Judi Remi, Warga Manyar Ditangkap

FOTO: BM/KHO

JUDI REMI: Ketiga tersangka judi remi yang saat digelandang ke polsek Manyar.

GRESIK ,(BM) - Beralasan hanya iseng main judi, Tiga tersangka penjudi remi ditangkap di sebuah warung kopi Desa Roomo RT 01 Rw 02 Kecamatan Manyar, Gresik oleh jajaran Reskrim Polsek Manyar. Ketiga tersangka tersebut adalah Teguh Widodo, zamroni dan Edi Purnomo, mereka adalah warga Desa Roomo, Kecamatan Manyar, Gresik. Selasa (27/3) Peristiwa penangkapan tersebut berawal dari informasi masyarakat yang mulai resah dengan

aktifitas yang dilakukan oleh ketiga tersangka. Polsek Manyar yang pengaduan masyarakat ini langsung menuju ke TKP. Saat di grebek ketiga tersangka sedang asyik bermain judi remi. Tanpa bisa mengelak lagi ketiga tersangka kahirnya dikeler ke mapolsek Manyar. Dari pennagkapan tersebut polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa uang sebesar Rp 230 ribu dan satu set kartu remi. Dihadapan petugas para tersangka mengaku, judi yang me-

reka lakukan hanyalah sebagai iseng, karena tidak ada pekerjaan,” ini hanya sebagai hiburan pak, mumpung nganggur “ujar Teguh Widodo di hadapan petugas. Kapolsek Manyar AKP Darsuki mengatakan, bahwa ketiga tersangka sebelumnya sempat semburat melarikan diri. Namun, karena tempat sudah dikepung ketiga tersangka tak bisa berkutik lagi. ”Akibat perbuatanya ketiga tersangka akan di jerat pasal 303 KUHP tentang larangan berjudi “ tegasnya. (kho/ami)

JOMBANG, (BM) - Siti Fatimah (25), warga Jalan Gajah Mada, Tuban menjadi korban penjambretan di Jalan Pahlawan Jombang. Akibatnya, uang sebanyak Rp 29 juta yang hendak ia setorkan ke bank lenyap tak berbekas. Kini kasus tersebut dalam penanganan Polres Jombang. Musibah penjambretan itu bermula saat Siti hendak menyetorkan uang ke salah satu bank swasta di Jombang. Uang itu terdiri dari uang tunai sebanyak Rp 23 juta 150 ribu dan sebuah bilyet giro. Uang sebanyak itu diletakkan dalam tas yang ia taruh di bahu sebelah kiri. Dalam perjalanan tanpa disadarinya, dua orang laki-laki berboncengan mengendarai motor mengikuti korban. Saat berada di kawasan Simpang Empat pada saat itu lampu trafict light menyala merah, tanpa diduga, kedua laki-laki yang membuntutinya tersebut langsung memepet korban dan menarik tas berisi uang yang dibawa korban. Berhasil menggondol tas tersebut , keduanya segera kabur dengan sepeda motor yang dikendarainya. Siti sempat berteriak minta tolong. Namun sayang, teriakan korban tak membuat warga berhasil mengejar kedua pelaku. Korban pun hanya menyesalinya dan harus merelakan uang dalam jumlah cukup besar yang dibawanya amblas digondol pelaku. Atas kejadian itu, korban melapor ke mapolres. “Kami sudah menerima laporan kejadian itu. Saat ini kasusnya dalam penanganan anggota Satreskrim. Kita juga meminta keterangan sejumlah saksi,” kata Kepala Sub Bagian Humas Polres Jombang, AKP Sugeng Widodo, Selasa (27/3). (din/ami)

Kasus Korban Mutilasi yang Dibakar Ditepi Jalan Tuban

Korban Mutilasi di Tuban Gunakan Gigi Palsu Kasus penemuan mayat yang dimutilasi dengan tubuh dibakar di tepi sawah Desa Sumberejo, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban. akhirnya menemukan titik terang. Petugas kepolisian menemukan sejumlah barang bukti dari sekitar lokasi penemuan mayat wanita muda tersebut. SURABAYA. (BM) - Dari hasil olah TKP yang dilakukan oleh tim Identifikasi dan Labfor Polda Jatim, petugas berhasil menemukan sejumlah barang bukti yang selanjutnya akan dijadikan petunjuk awal untuk mengetahui identitas korban

mutilasi teersebut. Korban setelah dilakukan identifikasi di TKP langsung dievakuasi untuk di bawa ke rumah sakit Bhayangkara, Surabaya. “Barang bukti sementara yang kita temukan di sekitar lokasi kejadian adalah berupa parang, kardus, baju milik korban yang bekas terbakar,” kata Kasat Reskrim Polres Tuban, AKP Budi Santoso, Selasa (27/03). Dijelaskannya polisi terus melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui identitas korban terlebih dahulu. Dugaan sementara, pembunuhan dan pembakaran terhadap perempuan korban mutilasi tersebut dilakukan di dua tempat yang berbeda yakni korban di bunuh oleh pelaku di tempat lain setelah itu baru kemudian korban langsung di-

FOTO: BM/BRJ

IDENTIFIKASI: Tim Labfor dari Polda Jatim berhasil mengindentifikasikan korban mutilasi menggunakan Gigi Palsu.

masukan dalam kardus dan di bakar di tepi sawah yang berada di Desa Sumberejo, Kecamatan Widang, Tuban. “Kemungkinan itu bisa ter-

jadi, korban di bunuh di tempat lain kemudian di bakar di sini, namun ini masih dalam penyelidikan. Kita tunggu saja hasilnya,” jawab Kasat Reskrim.

Dilain tempat bidang Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polda Jatim menyatakan mayat perempuan korban mutilasi yang ditemukan di persawahan Desa Sumberrejo, Kecamatan Widang, Tuban, teridentifikasi menggunakan gigi palsu. “Untuk sementara, hasil autopsi yang bisa kita sampaikan secara umum saja terkait beberapa ciri korban,” kata Kabid Dokkes Polda Jatim Kombes Pol Budiyono ketika ditemui di Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya, Selasa (27/3). Menurut dia, jenazah seorang perempuan yang menjadi korban mutilasi di Tuban itu telah selesai diautopsi oleh tim dokter RS Bhayangkara di kompleks Mapolda Jatim pada Senin (26/3) petang. “Hasil autopsi dipastikan bah-

wa jenis kelamin korban adalah perempuan, usia antara 35-50 tahun, rambut pendek, kulit kuning langsat, tinggi badan antara 155162 centimeter dengan berat badan ideal,” katanya. Ciri khas korban adalah menggunakan gigi palsu di bagian atas mulai dari gigi taring hingga geraham. “Almarhumah menggunakan gigi palsu buatan tukang gigi, bukan buatan dokter gigi,” katanya. Ia mengaku pihaknya mengalami kesulitan identifikasi, karena luka bakar yang terjadi antara stadium 3-4, sehingga sudah hangus. “Kondisi jenazah yang terpotong beberapa bagian dan telah hangus karena dibakar itu membuat kita kesulitan untuk mencari ciri-ciri khusus yang melekat pada korban,” katanya.

Ia mengharapkan bila ada masyarakat yang kehilanggan anggota keluarganya dengan ciri-ciri tersebut bisa berkoordinasi dengan pihak RS Bhayangkara di Mapolda Jatim. Seperti yang diberitakan sebelumnya, sesosok mayat perempuan korban mutilasi ditemukan oleh warga di tepi sawah yang berada di Desa Sumberrejo, Kecamatan Widang, Tuban, saat ditemukan kondisi korban sudah dalam keadaan hangus terbakar seluruh tubuhnya. “Polisi terus melakukan pengusutan kasus temuan mayat itu dengan menyebarkan informasi temuan mayat kepada masyarakat yang mungkin kehilangan anggota keluarganya,” kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Tuban AKP Budi Santoso. (ant/ami)


RABU, 28 MARET 2012

PENGANIAYAAN

JAWA

12

Mujiono: PT Panalux bakal memecat lagi terhadap 93 karyawan karena keluar tanpa izin saat turut melakukan aksi unjuk rasa. FOTO: BM/IST

TERKAPAR: Kusno yang terkapar di rumah sakit setelah dianiaya oleh keponakannya CF.

Rebutan Purel, Paman Nyaris Tewas Dianiaya KEDIRI (BM) - Gara-gara berebut wanita yang berprofesi sebagai pemandu lagu atau purel, seorang paman di Kediri bentrok keponakannya sendiri. Bahkan, keponakan tersebut tega memukul kepala pamannya dengan batu bata dan menusuknya menggunakan pisau dapur hingga nyaris tewas. Kini Keponakan yang berinisial CF (16) harus berurusan dengan pihak yang berwajib. Kasubag Humas Polres Kediri, AKP Bukin mengungkapkan, tersangka diamankan dari rumahnya di Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Tersangka sudah menjadi buronan petugas selama kurang lebih delapan bulan.Kepada petugas, tersangka CF mengaku, selama pelarian bersembunyi di sebuah tempat di Kabupaten Nganjuk. Dia ditangkap saat pulang mengunjungi ibunya karena kangen. Penganiayaan berat itu terjadi pada 20 Juli 2011 lalu. Tersangka yang tinggal bersama korban Kusno (30) dan ibunya mendobrak pintu kamar pamannya. Tanpa kompromi, tersangka memukul kepala korban dengan batu bata yang telah dibawanya. AKP Bukin menegaskan, motif penganiayaan yang dilakukan tersangka kepada korban karena cemburu, pacarnya menjalin hubungan asmara dengan korban. “Tersangka kita jerat dengan pasal 351 KUHP tentang penganiayaan berat, dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara,” pungkasnya. (nng/but)

Ikut Demo, 93 Karyawan PT Panaluk Terancam Dipecat Sembilan puluh tiga karyawan PT Panalux terancam dipecat sepihak. Pemecatan ini dilakukan karena karyawan tersebut ikut berunjuk rasa sebagai aksi solidaritas terhadap 13 karyawan yang telah dirumahkan. GRESIK(BM) - “Kami sangat menyesalkan cara sepihak yang dilakukan manajemen PT Panalux yang akan memecat 93 karyawan, Tapi, pada kenyataan aksi kami malah mendapat pemecatan sepihak dari manajemen pabrik, untuk ittu kami melakukan mogok kerja untuk menuntut agar kami tidak dipecat “ kata kordinator aksi Mujiono, Selasa (27/03). Mujiono menjelaskan PT Panaluk telah memecat 13 orang karyawan dengan alasan tidak jelas, selain menuntut keadilan , aksi tersebut para buruh juga menuntut hak normative. “Kemudian para karyawan yang tersri dari pekerja Outsorcing dan karyawan panaluk tersebut ikut melakukan aksi, dan ada salah satu pekerja yang meru-

sak barang di dalam pabrik, mungkin itu yang membuat pihak Pabrik memecat kami” terangnya. Dari informasi yang dihimpun, pihak manajemen Panaluk melakukan pemecatan kepada salah satu karyawan pabrik karena telah merusakkan barang di pabrik. Selain itu pihak Pabrik akan melakukan pemecatan terhadap 93 orang karyawannya, karena mereka meninggalkan pekerjaan tanpa ada ijin dan membuat aktifitas produksi berhenti toltal. “Sebagai tindakan ini manajemen PT Panalux bakal memecat lagi terhadap 93 karyawan karena keluar tanpa izin saat turut melakukan aksi unjuk rasa,” tandas Mujiono. Sementara para pekerja PT Panaluk juga menuntut upah yang selama ini di nilai minim. Dari informasi yang dihimpun, manajemen PT Panaluk menggaji karyawan organiknya sebesar Rp 35 ribu perhari , sementara untuk pekerja outsorcing mendapat gaji sebesar Rp 30 ribu perhari. Sementara itu pihak menagemen belum bisa dikonfirmasi, karena masih melakukan mediasi dengan para perwakilan buruh dan pihak dinas tenaga kerja Kabupaten Gresik. (kho/ami)

FOTO: BM/KHO

PECAT SEPIHAK: 93 karyawan PT Panaluk yang berdemonstrasi di depan pabrik menuntut manajemen untuk memperhatikan kesejahteraan karyawan. Namun, para karyawan yang berdemo bakal di pecat olen manajemen.

Aksi Unjuk Rasa Tolak Kenaikan BBM di Pasuruan

Berlangsung Damai, Polisi Tangkap Pria Bercelurit PASURUAN (BM) - Demonstrasi besar-besaran di Pasuruan oleh massa PDI Perjuangan yang menolak kenaikan BBM berlangsung damai dan tertib. Massa PDIP demo di Kantor Wali kota dan gedung DPRD Kota Pasuruan. Sepanjang perjalanannya, konvoi massa pendemo juga dikawal polisi, sehingga tidak menggangu ketertiban umum. Koordinator lapangan, Pranoto mengakui aksi unjuk rasa yang dipimpinnya ini diarahkan untuk tertib dan damai. Hal itu dilakukannya untuk

-------------------------------------------130312

Kost 77 baru jl.raya pakis PrkrMbl,Laundry : 70755500/ 5319952

Ac,

-------------------------------------------130312

Dikontrakkan rmh daerah Jl.Gubeng Kertajaya 7c/45 (strategis Dkt.Indomaret) cocok.utk.usaha Hub: 72122575 -------------------------------------------200112

DIKONTRAKKAN RMH Jl.Kalibutuh 3Kmr Tidur 2Kmd Ls.Bang.250M2 087854974639 -------------------------------------------200112

DIKONT RMH Jojoran IIIC/33 1RT 3KT Cpt Murah Hub: 082142006807 ---------------------------------------------200112

KOST HR/Bln P/W Ac/Non FasLkp BgnBr Aman KmDlm KupangPanjaan IV/73 70510081 -------------------------------------------200112

KOST PUTRI BUJANG FasLkp(NonAc) Margodadi I/78 (Strategis dktPGS,Blauran) T.70044421 -------------------------------------------200112

J.RMH Mulyosari Utr 9/58 Lt200 Lb300 7Kt 3Km Garasi Hub.70533333-70993840 -------------------------------------------200112

J.RMH CPT Uk8x25 3Lt H650 Nego Jl.Pandegiling Gang Tugu No.21 08563190022 -------------------------------------------200112

J.CPT TANAH 5X17 Tmr Kampus UPN 200M Dr Jl.Ry 50JtNg 70344121/085645110280 -------------------------------------------200112

DJL TNH 147m2 jl.pulo wonokromo wetan IV/6 jagir 105jt hub.085755424603 -------------------------------------------200112

J.TANAH Uk:4x12 Ptk.D Lok:Kedinding Lor Gg. Blimbimng Dkt Suramadu H:3768528 Bu.Lilik Kedinding Lor Gg.Kenongo No.6 -------------------------------------------200112

J.KAVLING U/Ruko Uk: 3,75x18m & U/Rmh Uk: 6x15m SHM Hrg: Rp.40Jt Jl.Sumber Rejo I Benowo T.081216928717 / 77000617 -------------------------------------------200112

J.Tanah Kav.S.Bangun Cash/Kredit Lok:Pakal Veteran Smping Bukit Palma Citraland T.70042709 -------------------------------------------200112

J.CPT TANAH Kavlling Uk: 11x6m Sudah Pondasi Di Luruk Jl.Paving 49JtNego Lok:Pakal Benowo Hub: Pak.Ji T.031-70029618 -------------------------------------------200112

J.RMH Uk:4x9 (2Kt) Ada jemuran Di Atas Lok: Tambak Wedi Baru 4/43 Hub: P. Ridwan Tambak We d i B a r u 1 6 / 1 0 0 T.087853486288 -------------------------------------------200112

J.CPT RUMAH Ls:36m2 Hrg:85JtNg T.03192361967 / 031-70223878 Lok: sepanjang Asri Blok.D/49-B -------------------------------------------200112

JUAL RUMAH SHM Uk:8x17 Perum Taman Siwalan Indah Bllok.J No.19 Hrga: 200JtNg Hub: Bp. Tommy T. 70286688 -------------------------------------------200112

Dijual Rumah Unik Minimalis Uk:3x8,5 SHM Jl.Kalijudan taruna Gg.6 Hub: 031-71863627 / 083849514496 -------------------------------------------200112

JUAL CEPAT Toko 2Lt SHM Fasilitas Lengkap Pinggir Jalan Hub: 70045800 / 83082735 Tanpa Perantara -------------------------------------------200112

DIAMANKAN: Pria yang diduga tidak waras karena membawa senjata tajam berupa celurit di tengah-tengah pengunjuk rasa. FOTO: BM/PAR

Tiger New’07 CW dpbel cakram ors msn enak hub: Pandegiling 4/14 T.72727079

CV.TOP Svc AC, KULKAS, M.CUCI 7177784 Cuci30 Freon50 Bkr/Psg100 J.B AC Bks

BELI EMAS&BERLIAN Hub:03170831899/ 70210899 Ambeng2 RT10 RW3 No. 37 Waru

-------------------------------------------130312

-------------------------------------------240112

-------------------------------------------040112

RAJA AC/KULKAS78405999 Svc30 Freon50 B.Psg100 J/B Acbks SglMerk08573308355

J.Madu Partai/Eceran Murni (tnp campuran)dari Panen Langsung Cck U/Obat 34997555

-------------------------------------------040112

-------------------------------------------130312

Trm kost vip ac/Non AC Km Dlm Manyar Sambongan 111B 70442255/ 087851303132

mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Sementara massa PDIP kabuoaten Pasuruan tidak menggelar aksi demo turun jalan. PDIP Kabupaten Pasuruan hanya memasang sejumlah spanduk yang bersisi penolakan kenaikan harga BBM di berbagai sudut kota. Namun, di depan Kantor

menarik simpati masyarakat, khusunya rakyat kecil. Meski demkian, ia tetap menyampaikan aspirasinya lewat orasi, maupun kepada Wali kota Pasuruan, Hasani. Ia menegaskan, tetap menolak terhadap rencana kenaikan harga BBM, karena mempunyai dampak menyengsarakan rakyat kecil. Menurut dia, tidak menaikkan harga BBM, bukan berarti membebani pemerintah. Sebab, lanjutnya, dari hasil penjuala BBM selama ini pemerintah sebenarnya masih

CENTRA AC/KULKAS 71043443 Cuci30, Freon 50, Pasang 100 (Garansi) -------------------------------------------130312

ANTENA TV Digital20CH+Psf70Rb Sedia Brecket LCD,Tdk Bgs U Kmbl 70654448 Jump -------------------------------------------130312

SERVIS DATANG CPU Printer Laptop LAN Virus Monitor Warnet CCTV 03170444333

DICARI Arang Batok Kepala dalam Jumlah banyak Hub:031-7482120-70255662 -------------------------------------------240112

Rumah Reklame :Billboard,Neon Box/ Sign,Hrf Timbul,spanduk,Ikl.Media 5911329,70975672 -------------------------------------------240112

-------------------------------------------130312

-------------------------------------------130312

TARUNA CX’99 Silver Istw Hrg 83jt Nego Pajak Baru Hub:78366285/08123136285

-------------------------------------------130312

OBRAL TV TOSHIBA 34" Lyr Dtr (1,1) Toshiba 29" (700) Sony 29"(750)JVC 21"(400)L.Es LG 2Pt Nofroz(750)Sharp 1Pt(500)M.Cuci Sharp 2Lb 7Kg(400) 5023828

XENIA Xi Delux’09 VVTi Silver IstwTgn1 119Jt 61000073 CentraPark E-7Wiguna

GRANMAX SprIstmw FulAudio 2008 Hitam Tgn1 H:PondokJati AJ-12A 085732989922

J.PROG KASIR ADMIN STOK/HUTPIUT/RugiLaba mulai 800rb 77107122/081703313512

-------------------------------------------130312

-------------------------------------------130312

-------------------------------------------130312

-------------------------------------------130312

TERIMA LAPTOP HARGA TINGGI Hub 81658899 / 082139378000

Mohon bantuannya saya butuh dana untuk sekolah bersedia mencicil tiap bulan (tanpa jaminan) Hp. 0856 4871 1327 -------------------------------------------060312

-------------------------------------------130312

BMW 318i ‘2001 Hitam Istimewa Jok Kulit VR20 Taman Pinang BB 4/14-08123562100 -------------------------------------------240112

Heboh Awal Tahun Xenia a Dp12/@2,5 M Fam Dp13/@2,6;R Dp14jt@2,7;R Fam Dp2,9;TS+dp20/ @3;TXdp23/@3,3;MB12dp20/@2,1 ada Bns&Ready H:70460919-78454698 L.Kota ok -------------------------------------------240112

PRBL Bbs Iuran 350CH+CHTV Berlangganan Rp. 1,5 Jt Bs Paraler Hub.081-23013138

XENIA Li SPORTY’08+09(Hitam)Li Plus’09+Xi Family’09(Merah)TDP20jtan @3jtan Raung 57 PPLegi T:81253036 TT/Krd

-------------------------------------------130312

-------------------------------------------240112

“GLOBAL” UD=500,CV=800,PT=4,5Jt HO+UKL/ UPL,SIUJK, Pjk Perushn 03133325005 **SMILE** PT CV UD PKP NPWP,PASPOR,SIUP,TDP,KITAS 03181690050/ 085730442822

LUXIO M’09 Silver Pajak Panjang Tg1 118jt Jl.Kenjeran 361 H:3822888 Bisa Kredit

-------------------------------------------130312

-------------------------------------------130312

ANGKUTAN PINDAHAN Rumah,Kantor&Pabrik Dlm/Luar Kota 081230233744-70740990

-------------------------------------------040112

XENIA’09Li SPORTY KM17rb merah, Tgn1 Istmw Terawat cat ori;Kedungdoro 92F

XENIA Li DLX+’08 Tgn I Ac,T,Pw,Ps,Cl,F.Lamp 081230525526

DJL P4 Lkp 800Rb;P3 Lkp 500Rb;Core 2Duo Lkp 3Jt 081321550005/03170418967

-------------------------------------------130312

Vario CW’2006 Istimewa 95% jual cpt Muteran 3/8 T. 087853310058-701234516

-------------------------------------------240112

-------------------------------------------130312

DIBELI DGN HARGA TERTINGGI Laptop/ Komp/Mon/LCD/HD/Dll 31204678 / 77626600

Mega Pro’2005 dobel cakram Velg Balok 8,250jt hub: Platuk donomulyo 9/5 Sby

-------------------------------------------240112

CRV’00 A/T Silver+Accord VTiL’00 Biru+New City’06 Silver Manual+Cielo’98 M/T Silver. All Istmwa Bs Kredit. Pahlawan 15 Sda-8928189 -------------------------------------------240112

-------------------------------------------130312

PLTHAN KOMPTR Pmrogrmn,Desain&Multimedia TrmJasa Dispro Mcm2 Prod 2D/3D Info Lngkp www.care-mart.com 081217595529 -------------------------------------------130312

Dibutuhkan Karyawan/ Karyawati Max 45, Jl. Salem 103 Bangil. Hub. 085335555090 -------------------------------------------240112

KURSUS MOBIL&SPD MOTOR DJOEN,Jasa SIM/STNK/dll Pandegiling 316II T:5347211 -------------------------------------------240112

KURSUS Mobil POLJATIM 290rb/10jam Xnia,Avnz:5939766/71580329/081357921183 -------------------------------------------240112

KURSUS Teknisi Computer,Laptop,Hp, Wevsite,Jaringan. Kanwa 22 Telp:70784704 PTCvUDSiupTdpHo TDI,API IUJK,JPT GAPENSI IMB Tunggal Jaya 5619667/70610028 -------------------------------------------240112

Kontraktor spesialis Landscape Menerima Jasa Perawatan Taman 03134342414 -------------------------------------------240112

Jual Mobil Kijang Thn. 86 Merah Harga 50 Juta. Hub T. 031 72153122 -------------------------------------------240112

Butuh AC Baru /Bekas dan pemasangannya CV. RASA JAYA siap melayani anda Telp: 031 71796929 -------------------------------------------240112

VARIO’2007 Siap Pakai Hub:Jagir Sidomukti Lebar 67 72581260-081332883117 -------------------------------------------130312

REVO ABSOLUT’10 Akhir Original Ban+ACCU Baru Jl.Semampir Tgh 3A/5 70805564 -------------------------------------------130312

REVO’07 CW TGN1 (L) Jual Cepat 08563231367 Tidak SMS

Distributor Biskuit SBS,Murah,Enak,Partai & Eceran H:3762168-7194203808123045326

-------------------------------------------130312

-------------------------------------------240112

-------------------------------------------130312

BELI BERLIAN&EMAS BISA DATANG Hub:70499787-08121677743

HND Kharisma 2004D/2005X jual murah brg istimewa jual salah satu 72689464

-------------------------------------------240112

-------------------------------------------130312

DIBELI KORAN BEKAS Majalah,HVS, Buku Bekas diambil T.72439499-087853473888

REVO TH 2007 HUB; Rungkut Mejoyo Gang Buntu No.7 T;83759434

-------------------------------------------240112

-------------------------------------------130312

DIBELI Perabot rmh tangga bekas Hub:031-72539888

MEGA PRO CW 2011 L Hitam 18jt Cepat ! 33568986,081333978874

-------------------------------------------240112

-------------------------------------------130312

JUAL RUGI SEPATU KULIT LAKI BAGUS Rp. 50Rb kualitas Export Jl.Karet 65 A Sby

SHOGUN 110CW’03 Cakram Tgn1 Barang Lgkp Orisinil Istimewa 3,6Jt Ng 77821235

-------------------------------------------240112

-------------------------------------------130312

SUPRA FIT 05 MULUS 4,9Jt VEGA R’05 (5,5jt) Wonocolo Pondok 17A 81723696

Wali kota Pasuruan, polisi menangkap seorang warga yang diketahui membawa senjata tajam berupa Clurit. Meski ada dugaan orang yang ditangkap tersebut kurang waras, yang bersangkutan tetap dibawa ke kantor polisi untuk dimintai keterangan. Pria tersebut diamankan agar tidak memicu kerusuhan “Dia terpaksa kita amankan, lantaran membawa celurit, mas. Dugaan sementara, sepertinya dia orang gila,” ujar Kompol Husain, Wakapolres Pasuruan Kota. (her8/par/ami)


RABU, 28 MARET 2012

TIMUR

13

Nur Zainuddin: TPID ingin memastikan kebutuhan masyarakat terhadap BBM tercukupi.

Cegah Penimbunan, TPID Sidak SPBU Jelang Kenaikan Harga BBM Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Jember melakukan sidak di sejumlah SPBU. Ini dilakukan untuk memantau aksi penimbunan dan terpenuhinya kebutuhan masyarakat akan BBM. JEMBER, (BM) - Pemimpin Bank Indonesia Jember yang juga Ketua TPID, M. Nur Zainuddin mengatakan pihaknya ingin memastikan bahwa sejumlah Stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) tidak melakukan penimbunan BBM menjelang kenaikan harga premium dan solar. "TPID ingin memastikan kebutuhan masyarakat terhadap BBM tercukupi menjelang kenaikan harga BBM, sehingga tidak

FOTO: BM/DOK

SPBU JEMBER: TPID Jember memantau sejumlah SPBU untuk memastikan stok cukup memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang rencana kenaikan harga BBM.

ada SPBU yang tutup selama beberapa hari terakhir ini," tuturnya, Selasa (27/3). Menurut dia TPID akan me-

ngawal kebijakan pemerintah yang rencananya menaikkan harga BBM pada 1 April 2012 nanti, sehingga perlu adanya peman-

tauan terhadap SPBU di lapangan. "Hasil sidak yang dilakukan bersama forum pimpinan daerah tidak menemukan adanya penimbunan BBM di sejumlah SPBU kawasan pinggiran yang rawan penyimpangan," katanya menjelaskan. Nur Zainuddin menjelaskan bahwa kenaikan harga BBM akan mempengaruhi laju inflasi di Kabupaten Jember, sehingga TPID akan berusaha maksimal untuk menekan laju inflasi bulan Maret 2012. "Angka inflasi bulan Februari di Jember sebesar 0,27 persen dengan komoditas emas menyumbangkan inflasi tertinggi yakni 0,10 persen," katanya. Untuk menekan laju inflasi, lanjut dia, TPID Jember telah merumuskan beberapa rekomendasi antara lain percepatan pendistribusian beras untuk masyarakat miskin (raskin). "Selain itu, perlu adanya rekomendasi pasar murah untuk membantu masyarakat yang tidak

mampu, agar kenaikan harga BBM tidak semakin memberatkan masyarakat miskin," ujarnya menambahkan. Sementara Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jember, Nela Octaviana, menyatakan bahwa rencana pemerintah menaikkan harga BBM dapat memicu tingginya inflasi di Kabupaten Jember. "Harga sejumlah bahan pokok sudah merangkak naik ketika ada wacana kenaikan BBM, sehingga hal itu dapat meningkatkan laju inflasi di sejumlah daerah termasuk Jember," tuturnya. Menurut dia, kenaikan harga BBM akan memicu kenaikan harga sejumlah komoditas penyumbang inflasi, sehingga laju inflasi akan naik juga. "Sudah dipastikan bahwa rencana kenaikan harga BBM akan memicu tingginya inflasi di sejumlah daerah, namun saya tidak bisa memastikan berapa kenaikan inflasi tersebut," katanya menambahkan. (ant/hdi)

Bantuan Jampersal Kota Malang Naik Rp 150 Ribu MALANG, (BM) - Nominal bantuan (klaim) jaminan persalinan (jampersal) untuk ibu melahirkan di wilayah Kota Malang, Jawa Timur, per 1 Januari 2012 naik sebesar Rp 150 ribu atau menjadi Rp 500 ribu dari sebelumnya yang hanya Rp 350 ribu/persalinan. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang Enny Sekar Rengganingati, Selasa, mengatakan, kenaikan nominal bantuan untuk jampersal tersebut diharapkan mampu memotivasi bidan dalam melayani ibuibu yang bersalin dengan menggunakan program tersebut. "Selama ini memang masih sangat sedikit bidan yang mau melayani persalinan dengan program jampersal dengan alasan klaimnya sangat kecil, jika dibandingkan dengan persalinan normal umum yang biayanya rata-rata mencapai Rp600 ribu," katanya. Ia mengemukakan, layanan program jampersal yang ditangani bidan atau puskesmas dan rumah sakit tersebut bukan hanya ketika melahirkan, tapi juga untuk biaya pemeriksaan kehamilan sebesar Rp20 ribu (sebelumnya Rp10 ribu) selama tiga kali. Selain itu, katanya, juga ada pemeriksaan setelah melahirkan sebesar Rp20 ribu (sebelumnya juga Rp10 ribu), sehingga total biayanya mencapai Rp500 ribu/orang. Ia mengakui, sejak diluncurkan April 2011, masyarakat dae-

rah itu yang menggunakan program jampersal dalam proses persalinannya tidak lebih dari 50 persen dari anggaran yang disediakan sebesar Rp1,2 miliar. Minimnya angka serapan tersebut, katanya, karena masyarakat banyak yang enggan memanfaatkan program tersebut karena khawatir jika layanan yang diberikan tidak maksimal akibat biaya yang disubsidi pemerintah tidak sesuai dengan harapan. Sehingga, lanjut Enny, banyak masyarakat yang memilih melakukan persalinan di rumah sakit atau bidan dengan biaya sendiri, meski biayanya mencapai jutaan rupiah. Ia berharap, setelah ada kenaikan bantuan biaya persalinan (jampersal) ini, banyak bidan swasta yang mau melayani persalinan dengan program tersebut. Namun demikian, pengawasan terhadap praktik bidan tersebut juga tetap diawasi secara ketat. "Kami akan tetap melkaukan pengawasan secara ketat agar tidak sampai ada komplain atau masalah-masalah terkait layanan jampersal ini," tegas Enny. Hingga saat ini bidan swasta di Kota Malang yang sudah menyatakan kesediaannya dan menandatangani kerja sama untuk melayani pasien jampersal bagi masyarakat baru 44 orang, padahal jumlah bidan di daerah itu mencapai ratusan orang. (ant/hdi)

FOTO: BM/ANTARA

TOLAK BBM SEJUMLAH tukang becak bersama ribuan kader dan simpatisan PDI Perjuangan Lamongan, melakukan long march saat mengelar aksi unjuk rasa menolak rencana kenaikan BBM di jalan poros pantura Lamongan, Jawa Timur, Selasa (27/3). PDI-Pejuangan Kabupaten Lamongan secara tegas menolak rencana kenaikan BBM, mereka menilai Pemerintah telah mengatakan hal yang tidak benar dengan mengatakan mengeluarkan uang tunai sebesar Rp. 126 trilyun padahal kelebihan uang tunai Rp. 97, 955 trilyun dari subsidi BBM.

TENAGA KERJA

Sidoarjo Siapkan Perda Outsourching SIDOARJO, (BM) - DPRD Sidoarjo berencana membuat perda perlindungan pekerja outsourching. Perencanaan dilakukan karena masalah outsourching dinilai sangat krusial. Saat ini, pembahasannya sudah ditangani Tim Pansus Lima DPRD Kabupaten Kabupaten Sidoarjo. Karena rentannya akan terjadi penindasan terhadap kaum buruh, Perda outsourching ini dinilai penting untuk melindungi buruh dan juga untuk kesejahteraan buruh yang melalui penyalur itu. "Perda yang mengatur terkait perlindungan buruh outsourching, tingkat kesejahteraan dan perlindungan haknya harus diadakan. Dan kini perdanya masih dibahas tim pansus lima," ucap anggota Komisi D DPRD Kabuapaten Sidoarjo, Hadi Subianto, Selasa (27/3). Disebutkan, ada beberapa poin yang di perjuangkan dalam perda terkait perlindungan dan kesejahteraan buruh tersebut. Di antaranya setiap buruh outsorcing harus diikutkan Jaminan Sosial Ketenaga Kerjaan (Jamsostek) dan perda tersebut akan menindak lanjuti masalah kontrak buruh dan perusahaan outsourching. Politisi Golkar itu menambahkan, buruh yang sudah dikontrak selama tiga kali, diangkat menjadi karyawan tetap oleh penyalur jasa kerja maupun perusahaan pemberi pekerjaan. "Perusahaan penyalur jasa pekerja harus jelas legalitasnya dan mempunyai kantor di Kabupaten Sidoarjo,” paparnya.(bjc)

PRODUK UKM

Pemkot Bantu Hak Paten BATU, (BM) - Pemerintah Kota Batu, Jawa Timur, membantu sedikitnya 20 merek produk dari Usaha Kecil Menengah (UKM) di wilayah setempat memiliki hak paten atas produknya. Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Batu, M Chori, Selasa mengatakan, bantuan itu untuk mengantisipasi dan melindungi produk unggulan Kota Batu dari usaha penjiplakan maupun pemalsuan pihak lain, selain itu mendorong dan memacu berkembangnya aneka usaha kreatif dari pelaku UKM. "Kita setiap tahun selalu berusaha mengupayakan produk asli Kota Batu mendapatkan hak paten dari Kementerian Hukum dan HAM, sebab belakangan ini kian banyak kasus penjiplakan maupun pemalsuan," katanya. Chori mengaku, hak paten sangat penting bagi semua produk, agar usaha UKM di Kota Batu terus berkembang dan mampu melindungi pemilik usaha. "Secara umum, hak paten memiliki fungsi legalitas dan jaminan terhadap kualitas produk, sehingga pembeli akan mudah mengetahui jaminan kualitas produk yang dibelinya," katanya. Chori berharap, 20 merek yang diajukan mendapatkan hak paten, bisa diterima seluruhnya. Sebab, tahun 2011 dari 20 merek dagang yang diajukan pemkot hanya 10 merek yang mendapatkan hak paten dari Kementerian Hukum dan HAM. "Tahun lalu, jumlah produk yang kita ajukan sama seperti tahun ini, namun Kementerian Hukum dan HAM hanya menyetujui 10 merk dagang," katanya. (ant/hdi)

PERTANIAN

APBD Nganjuk Sering Tak Tepat Sasaran NGANJUK, (BM) - APBD pemerintahan daerah Nganjuk dianggap sering tidak tepat sasaran. Akibatnya, program-program pembangunan yang dibiayai anggaran tidak berjalan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kondisi ini membuat Ketua LSM Mapak (Masyarakat Peduli Anti Korupsi), Supriono merasa prihatin. Mereka pun semangat untuk mengadakan rapat anggaran. “Rapat anggaran sengaja diadakan untuk memberikan pengetahuan yang komprehensif terhadap konseptual anggaran. Selama ini baik di Nganjuk sering kita temukan alokasi anggaran yang tidak tepat sasaran, pemborosan,” ujar Supriono pada wartawan, Selasa (27/3). Rencana, rapat anggaran akan

dilaksanakan selama tiga bulan. Dalam satu bulan akan ada tiga pertemuan. Untuk peserta kuliah, Supriono mengatakan saat ini hanya untuk kalangan internal DPRD. Jumlahnya sekitar 40 orang. Supriono mengatakan, jika rapat tersebut berhasil, tidak menutup kemungkinan rapat tersebut akan dibuka untuk kalangan luar. Harapannya, masyarakat bisa ikut mengawasi proses pembuatan anggaran. Dengan keterlibatan masyarakat dalam proses pembuatan anggaran, Supriono yakin transparansi dan efisiensi anggaran bisa terwujud. “Anggaran yang diperuntukkan untuk rakyat harus dikawal sejak proses pembuatan hingga aplikasinya. Kita melihat pembuatan dan pelak-

sanaan anggaran banyak terjadi pemborosan. Dalam rapat, kita akan melihat dimana sebenarnya titik lemah anggaran kita,” terang Supriono. “Kita akan komparasikan masingmasing anggaran dari daerah-daerah, kita akan lihat dimana titik lemahnya. Selain kita bahas di tataran konseptual teoritik, kita juga akan lihat langsung seperti apa sih alokasi anggaran, apakah sudah dialamatkan dengan benar untuk sebesar-besar kebutuhan rakyat,” imbuh Supriono. Supriono mengatakan setelah rapat - rapat anggaran selesai, ke depan DPRD akan mendirikan semacam anggaran watch. “ Mungkin dengan adanya wadah tersebut, pengkritisan terhadap kebijakan anggaran diharapkan bisa terus, “ pungkasnya. (roi/hdi)

Bupati Mojokerto Buka Musrenbang

Fokus Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat MOJOKERTO (BM) - Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa, membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), di Trawas Selasa (27/3). Kegiatan ini guna menyatukan visi, perluasan ekonomi insklusif yang didukung peningkatan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan Kabupaten Mojokerto. Acara ini dihadiri Ketua DPRD dan para Ketua Komisi DPRD, Muspida, Kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur, Kepala Bakorwil Pemerintahan dan Pembangunan Bojonegoro, Ketua Tim Penggerak PKK, Kepala SKPD dan Camat se Kabupaten Mojokerto serta perwakilan Perguruan Tinggi, LSM dan tokoh agama se Kabu-

paten Mojokerto. Musrenbang merupakan kesempatan yang sangat baik untuk bersama-sama melihat kembali kinerja pembangunan selama ini dan kemudian menyiapkan arah kebijakan pembangunan ke depan bagi Kabupaten Mojokerto khususnya di tahun 2013 mendatang yang akan dituangkan ke dalam RKPD, serta dalam rangka memperoleh masukan bagi penyusunan RKPD Provinsi Jawa Timur Tahun 2013. “Fungsi dan peran Pemerintah Daerah menjadi sangat penting. Kunci keberhasilan pembangunan daerah adalah koordinasi dan keterpaduan antara Pemerintah Pusat dan Daerah, antar-sektor, antara sektor dan daerah, antarprovinsi, antar-Kabupaten/Kota,

serta antara Provinsi dan Kabupaten/Kota,” papar Kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur . Dalam sambutannya Bupati menyampaikan Pemkab Mojokerto Tahun 2012 telah menyediakan anggaran sebesar Rp 139 miliar untuk pembangunan infrastruktur jalan. Mulai dari Pembangunan jalan lingkungan sampai jalan utama. Langkah pembangunan tersebut selain memberikan pembangunan yang baik untuk masyarakat, juga mengembangkan potensi daerah. “Kunci utama pembangunan adalah jalan, dengan pelebaran jalan aktifitas perekonomian berjalan dengan baik sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat,” papar Bupati.(pw1/hdi)

FOTO: BM/ROI

WASPADA: Petani diimbau mewaspadai curah hujan yang terjadi selama ini.

Waspadai Serangan Jamur Padi NGANJUK, (BM) - Petani padi di wilayah Kabupaten Nganjuk, diimbau mewaspadai curah hujan yang terjadi saat ini. Tingginya curah hujan disertai angin kencang, bisa menimbulkan serangan jamur pada tanaman padi tersebut.”Untuk mencegah serangan jamur dan tungro, petani diimbau menanam padi tahan terhadap serangan hama , terutama serangan tungro,” ujar Kepala Dinas Petanian dan Perkebunan melalui Kepala Bidang Tanaman Pangan Ir Yudi pada wartawan, Selasa (27/3). Menurutnya, usaha pertanian padi pada musim tanam kali ini, tidak ada masalah berarti. Hanya saja, tingginya curah hujan yang terjadi saat ini harus diwaspadai, terutama serangan jamur dan hama penyakit. Caranya, petani harus menghindari areal sawah dari genangan air, dalam waktu relatif lama. Selain itu, katanya, Dinas Pertanian sudah menyalurkan obat-obatan untuk menangkal serangan hama penyakit. “Dengan persediaan obat-obatan, bisa dimanfaatkan jika sewaktuwaktu ada serangan penyakit,” ujarnya. Sedangkan genangan air di areal tanaman padi, cukup dua jam dan selanjutnya segera dibuang. Kalau air menggenang lama, akan mengganggu pertumbuhan akar dan merangsang beberapa penyakit pada tanaman. Petani juga dianjurkan mengatur jarak tanaman. Jarak tanaman padi yang paling baik, antara 10 X 20 cm, setiap tiga hingga empat baris terdapat tempat longgar sekitar 40 cm. Barisan tanaman mengikuti arah sinar matahari, maka menyerupai rel kereta api. Itu bisa mengurangi kelembaban, dan serangan hama tikus, karena hama pengerat itu suka udara lembab. (roi/hdi)


Mabuk Bobby Brown Ditangkap Lagi LOS ANGELES (BM) - Mantan suami mendiang Whitney Houston, Bobby Brown, kembali berurusan dengan pihak berwajib. Masalahnya, lagi-lagi karena bersentuhan dengan minuman keras. Senin (26/3), pihak kepolisian Los Angeles menangkapnya lantaran diyakini sedang mengemudi kendaraan dalam keadaan mabuk. Brown tak lolos uji bebas alkohol setelah mobilnya diberhentikan oleh pihak aparat yang tengah bertugas. Sebelumnya, polisi mencoba menghentikan mobil yang dikendarainya lantaran kepergok menelepon sambil mengendarai mobil.

Seperti dikutip TMZ, Bobby sempat dijebloskan ke penjara di kawasan Van Nuys. Sementara itu, pihak juru bicaranya mengabarkan bahwa pihaknya sedang meluncur menemui Bobby untuk membayar jaminan kepada pihak kepolisian. Bukan kali ini saja, Brown tersangkut masalah serupa. Pada tahun 1996, penyanyi berusia 43 tahun ini juga pernah dibui selama delapan hari setelah terbukti melakukan pelanggaran yang sama di kawasan Georgia. Bobby dan Whitney menikah pada tahun 1992 dan bercerai di tahun 2007. Dari pernikahan tersebut mereka dikaruniai seorang anak perempuan berusia 19 tahun, Bobbi Kristina. Brown sendiri baru-baru ini dikabarkan bertunangan dengan Alicia Etheridge. (*/ibn)

Siap Nikah, Siap Langgar Tradisi

limpahan doanya. Di sisi lain, banyak yang menyebut bahwa hari sakral Ayu dan RD sudah dekat. Sebab, artis 27 tahun itu terus melakukan berbagai persiapan. Termasuk menjalani terapi laser muka. Ayu ingin wajahnya tampak lebih cantik. Oleh karena itu, ia

Akhirnya presenter kocak Ayu Dewi berani tampil bareng dengan calon suaminya. Pria yang disebutnya berinisial ‘RD’ itu terlihat malu-malu saat ditemui di acara Jhonny Andrean Awards, Senin (26/3) malam. Ternyata inisial RD adalah kepanjangan dari nama Regi Ismagrebu Datau, seorang managing director di beberapa perusahaan industri. MALAM itu, ‘RD’ terlihat tanggal baik. Insya Allah mendampingi Ayu Dewi yang tahun ini. Tungguin saja di didaulat sebagai ‘Best Hair Do KUA,” seloroh Ayu. Yang pasti, Ayu mengakui for Female Presenter’ dalam ajang tersebut. Dia tampil bahwa dirinya telah dilamar dengan pakaian formal dengan oleh pengusaha tersebut. atasan batik. ‘RD’ diketahui Bahkan, Ayu juga sudah tidak sebagai seorang pengusaha malu lagi berbicara terkait teknis pernikahannya meski muda. RD yang berusia 27 tahun waktunya masih dirahasiakan. Salah satunya ketika Ayu itu juga dikabarkan pernah mengenyam pendidikan di mengaku tidak betah dengan Washington State University. tradisi pingitan. Soal adat itu, Namun, ketika ditanya soal Ayu malah memilih melangrencana pernikahan keduanya, garnya. Bahkan Ayu berani menerima Ayu memilih untuk tidak t aw a r a n berterus terang. “Semua

menjalani terapi tersebut. “Ada dong nih, laser muka, biar makin cantik. Untuk kolagennya, biar sel-sel barunya tumbuh,” ungkap pembawa acara, model, dan artis peran ini. “Bagiannya, semua muka dong aku bikin cantik. Pengin cantik rupawan kan di hari pernikahan gue,” tambahnya lantas tertawa. Tapi, dia berjani tak akan mengubah bentuk wajahnya. Untuk hal itu, lanjutnya, ia mendapat dukungan dari calon suaminya. (okz/dth/ibn)

AYU DEWI

ngemsi hingga ke luar Jakarta. “Pacar sudah capek nasehati aku. Jadi akhirnya dia diam saja sekarang,” katanya. Meski begitu, mantan kekasih Zumi Zola itu tetap menghormati tradisi sakral lainnya. Seperti berpuasa sunnah. Ayu mengaku menjalankan puasa tersebut agar pernikahannya kelak bisa berjalan langgeng. “Aku puasa sunnah bukan untuk tetap langsing. Tujuannya untuk berdoa supaya semuanya bisa berjalan lancar,” ungkapnya. Rencananya tahun ini Ayu dan RD akan melangsungkan pernikahan memakai adat Gorontalo. Sebelumnya, Ayu pernah mengungkapkan ingin menggelar pesta resepsi selama dua hari (besar-besaran) dengan alasan semakin banyak tamu maka semakin banyak pula

14 RABU, 28 MARET 2012

Ayu Dewi: Aku puasa sunnah bukan untuk langsing. Tujuannya berdoa supaya semuanya bisa berjalan lancar. DEDDY MIZWAR

Siap Tegur SBY JAKARTA (BM) – Ungkapan protes kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bukanhanya datang dari masyarakat. Kalangan artis, rencananya juga akan menyampaikan protes kepada SBY dalam waktu dekat ini. Tapi bukan atas persolan kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM). Tapi karena SBY dinilai gagal menjalankan peraturan perfilman yang ada di Indonesia, terutama UU perfilman nomor 33 tahun 2009. “Oh harus siap, karena sudah dua tahun lebih tidak ada satu pasal pun yang dijalankan, kecuali kemarin ada pelantikan anggota lembaga sensor. Jadi kegagalan menurut saya dalam pemerintahan SBY,” kata aktor kawakan Deddy Mizwar saat ditemui dalam seminar sehari ‘Aku Cinta Film Indonesia’ di Gedung Film, MT Haryono, Jakarta Selatan, Selasa (27/3). Kendati berencana melakukan aksi penggugatan, namun Deddy memastikan tidak akan menjatuhkan SBY. “Tapi tidak memvonis SBY, kalau dia dengar mungkin enggak ada persoalan. Saya sayang dengan dia (SBY), makanya saya ingatin dia. Bukan ingin menjatuhkan dia,” imbuhnya. Menurut Deddy, beberapa kendala tersebut bisa dibenahi dengan dimulai dari politik pemerintah. Atau bahkan menurutnya, sama sekali tidak usah diurus, karena orang film bisa mengurus sendiri. “Seperti selama ini orang film jatuh bangun bukan karena pemerintah, tapi karena ekspektasinya enggak ada peranan pemerintah secara signifkan karena bujetnya sangat kecil,” jelas Deddy. Namun, Deddy memastikan semua kesalahan itu diakui tidak berasal dari presiden, tapi juga dari pembuat undang-undang. “Karena sudah ada kekeliruan di awal. Sekarang saja masih ruwet pembagiannya. Tapi ini kekeliruan dari kebijakan presiden, karena enggak membaca UU atau kekeliruan pembuat UU yang tak lazim, tapi UU itu dipaksakan lahir,” tandasnya. (okz/ibn)

MITHA THE VIRGIN

BBM Naik, Jual Kendaraan JAKARTA (BM) - Rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) pada tanggal 1 April 2012 membuat sejumlah artis ketarketir. Salah satunya adalah Mitha “The Virgin”. Menurut Mitha, jika pemerintah tetap pada keputusannya, dia berencana melego kendaraan pribadinya. “Kalau bensin naik, motor dan mobilnya dijual aja,” katanya. Mitha berharap pemerintah yang dipimpin oleh Susilo Bambang Yudhoyono lebih arif dan bijaksana

kepada rakyatnya. “Pemerintah lebih bijaksana semoga tidak merugikan rakyat kecil lagi,” harapnya. Mitha melihat kenaikan harga BBM pada akhirnya akan berimbas kepada rakyat kecil. “Kasihan menurut aku, kembali lagi ke rakyat kecil ya. Kalau BBM naik, mereka kan nganter sembako pakai mobil, otomatis sembako pada naik itu imbasnya naik BBM,” katanya. Sementara Dara, rekan duetnya, mengaku lebih pasrah terkait rencana kenaikan harga BBM. Dia menilai bahwa kenaikan harga BBM itu akan memukul semua lapisan masyarakat. “Senaik-naiknya BBM, kita pasti butuh juga kan,” ungkapnya. (kom/ibn)

RAFFI AHMAD

Konsultasi dengan Mantan Yuni Shara JAKARTA - Aktor sekaligus presenter Raffi Ahmad dikabarkan menjalin silaturahmi dengan mantan suami Yuni Shara, Henry Siahaan. Kabarnya, Raffi sering konsultasi tentang anak Henry dan Yuni, Cavin Obrient Salomo Siahaan dan Cello Obient Siahaan. Ini menjadi bagian dari persiapan pernikahan Raffi dengan Yuni. Namun saat dimintai keterangan oleh awak media perihal kedekatannya dengan Henry, presenter Dahsyat itu tidak mau berkomentar banyak. “Itu mah enggak usah

dijawab, sudah dijawab waktu di tayangan infotainment,” ungkap Raffi, Selasa (27/3). Kedekatannya dangan Henry, merupakan bukti keseriusan Raffi menjalani hubungan dengan kakak kandung Krisdayanti itu. Apalagi, Raffi dan Yuni disebut-sebut akan segera menikah. “Planning banyak. Masih belum tahu lah masalah (menikah) itu, belum bisa jawab. Kita sama-sama tahu lah, Yuni maunya apa, saya maunya apa. Sama-sama memerbaiki diri,” jelas Raffi beberapa waktu lalu. (okz/ibn)

KIM KARDASHIAN

Ingin Beli Rumah Beckham LOS ANGELES (BM) Bintang reality show Kim Kardashian sukses menjadi artis terkenal di Hollywood. Tak heran, dia pun dengan mudah mendapatkan sensasi atau membeli semua yang disukainya. Mantan istri Kris Humphries itupun mengungkapkan, akan membeli rumah mewah milik pasangan David dan Victoria Beckham di Inggris atau yang akrab disebut ‘Beckingham Palace’. Entah hanya sekedar mencari sensasi atau memang berniat membeli rumah mewah seharga Rp 261 miliar itu, yang pasti Kim berencana melihat istana milik bintang LA Galaxy itu secepatnya. Menurutnya, rumah bergaya Eropa tersebut cocok untuk tempat tinggal keluarga besar Kim. Demikian seperti dilansir The Sun, Selasa (27/3). ‘Beckingham Palace’ dibeli Beckham pada tahun 1999. Rumah mewah itu dilengkapi dengan fasilitas seperti kolam renang, lapangan golf, pusat kebugaran, helipad, dan studio rekaman. (*/ibn)

Kepedihan Komedian Udin Penyok yang Diusir Istrinya

Dilarang Bertemu Anak, Telepon pun Sulit Nasib komedian Udin Penyok kian malang. Sudah diusir dari rumah, dia juga dilarang istrinya untuk bertemu kedua anaknya yang masih kecil, Melvin (4 tahun) dan Radit (1 tahun). MENURUT Udin, selama tiga bulan angkat kaki dari rumahnya. Hari-harinya tersiksa karena rindu memikirkan sang anak. Namun istrinya selalu melarangnya untuk sekadar bertemu kedua buah hatinya. “Tersiksa aku, ingat anak mulu,” ungkap pria bernama asli Ardian Kistya Tosana kepada saat ditemui di tempat kosnya yang sederhana di kawasan Depok, Jawa Barat. “Dia bilang aku nggak boleh ketemu sama anak,” ucapnya. Mata komedian yang melejit

lewat sitkom ‘Abdel & Temon’ itu pun lalu merawang. Entah apa yang dirasakan Udin. Semenjak dirinya keluar dari rumah yang sebelumnya ditinggalinya bersama sang istri, Fuah di Mampang, Jakarta Selatan itu dia memang menjadi sulit bertemu anakanaknya. Bahkan hanya untuk sekadar menghubungi via telepon pun Udin tak mampu. “Kalau dulu aku masih suka telepon anak-anak. Tapi sekarang untuk telepon pun udah nggak bisa,” keluhnya.

Namun bintang film ‘Kafan Sundel Bolong’ itu tak habis akal untuk

menemui anak-anaknya. Tanpa sepengetahuan sang istri, dirinya pun kerap menyambangi rumah yang ditinggalkannnya demi bertemu si buah hati. “Aku ya datang ke rumah itu kalau istriku lagi kerja. Aku suka mantau lewat pengasuh anakku,” katanya. Udin lantas mengakui bahwa rumah tangganya memang sedang bermasalah. Sang istri yang dinikahinya sejak 13 Januari 2007 silam itu diakuinya sering mencacimaki dirinya dengan kata-kata kasar. Persoalannya, lanjut Udin, penghasilan dia sebagai komedian yang tidak tetap. “Penghasilanku sebagai pelawak nggak tetap. Sementara dia (istri) punya pekerjaan sebagai sekeretaris direksi

di BUMN. Dia jadi sering menghina aku,” sambungnya. Keadaan itu diperparah dengan status sang istri yang berlatarbelakang dari keluarga berada. Sementara pria asal Nganjuk itu mengaku berasal dari keluarga yang sederhana dan berpenghasilan paspasan. Udin menilai sang istri tak menghargainya sebagai pemimpin rumah tangga. “Dia kurang menghargai suami. Dengan latar belakang sebagai keluarga yang mapan sedangkan saya dari keluarga pas-pasan dan dengan pekerjaan yang honornya nggak jelas. Kadang ada, kadang nggak,” jelas Udin. Tapi bisa jadi, bukan hanya perosoalan perbedaan penghasilan

saja yang meluapkan permasalahan itu. Udin mengaku pernah berbuat dosa sebelum diusir oleh sang istri. Udin mengaku pernah berselingkuh dengan seorang wanita selama berumahtangga dengan Fuah. “Memang pernah ada orang ketiga dari pihak saya. Saya pernah ngalamiin itu di pertengahan pernikahan saya. Saya memang pernah melakukan kesalahan,” akunya. Namun hal itu langsung disadarinya sebagai perbuatan yang salah. Udin pun meminta maaf kepada istrinya. “Saya bisa melalui itu. Saya udah minta maaf di depan keluarganya,” lanjutnya. Tapi, dosa terebut dituturkannya bukan penyebab utama dirinya diusir dari rumah. (dth/ibn)


RABU, 28 MARET 2012

15

METRO JATIM Agus Wahyudi: Kita tidak bisa menyatakan ikut menolak karena kita hanya sebagai PNS.

Impikan Madame Tussauds Hadir di Indonesia SAMBUNGAN HALAMAN 9

Mejeng... The Peak. Sehingga sejenak mata memandang sejenak hati terbayang serta sejenak ingin membawa pulang. Dari The Peak Tower saja nampak pamandangan sungguh indah, apalagi pada saat perut terasa agak lapar karena kedinginan dan habis mutarmutar gedung lain, makanan siap saja beraneka masakan, dan juga ditawarkan masakan halal, sudah pasti membuat pengunjung semakin nyaman dan nikmat. Bahkan kalau mau melihat pemandangan lebih indah dengan syarat kabut tidak ada, naik lagi ke Sky Terace. Sky Terace semacam teras bangunan The Peak Tower di puncak ketinggian, selain ada beberapa cerita bersejarah seperti kereta api pertama ketika digunakan pada tahun pertama atau 120 tahun silam, dan bagaimana para pekerja di Hong Kong menyelesaikan proyek spektakuler pada jaman itu. Maka gemerlang dan Hong Kong dari puncak ketinggian nampak sangat indah. Kapan di Indonesia Bangunan atau ruangan Madame Tussauds ialah sebuah

penciptaan daya akal manusia yang sungguh luar biasa dengan membuat boneka patung lilin mirip tokoh film, tokoh kenegarawanan, tokoh ilmu pengetahuan, tokoh poilitik, bahkan tokoh olahraga, dan tokoh musik dunia dihelat seperti ’’tampil hidup’’ pada jamannya, boneka raksasa sesuai dengan ukuran tokohnya itu, benar mengagetkan sekaligus memberi semacam sugesti ingin dekat bersama tokoh itu. Apalagi pengunjung bebas mengabadikan dengan menjepret berapa pun jumlahnya. Dengan siapa saja bisa berfoto ria atau nampang di depan kamera untuk dijepratjepret atau direkam, baik aktor, aktris, tokoh politik, presiden atau siapa saja. Madame Tussauds adalah museum patung lilin dari tokoh-tokoh terkenal di dunia ini, rasanya salah satu tujuan wisata yang patut dikunjungi dan jangan sampai terlupakan ketika menginjak kaki di Hong Kong. Rasanya belum ke Hong Kong jika belum menginjak The Peak Tower dengan berbagai fasilitasnya

yang cukup menggiurkan. Sebut saja tokoh kharismatik dunia sampai tokoh sensaional seperti kereta apinya. Mulai dari Sadam Hussien, Madonna, Albert Einstein, Obama sampai Bruce Lee bisa diajak ngobrol atau memeluk dan apa saja. Sesuka hati dan semau pengunjung. Untuk Madame Tussauds Hongkong ini tentunya lebih banyak tokoh dari Asia, terutama bintang film Hongkong. Disini juga dapat melihat penjelasan proses pembuiatan patung lilin yang benar-benar mirip seperti aslinya. Saat di Madame Tussauds jangan lupa mampit ke Scream, yaitu satu acara seperti rumah hantu (gratis) yang didalamnya Ada patungh lilin dicampur dengan orang memakai pakaian hantu berbagai rupa dan menakutkan, menakutnakuti pangunjung. Tapi bagi pengunjung yang mempunyai penyakit jantung disarankan tidak masuk dan menyaksikan tontonan serem ini. Ya kalau ke Batu Night Spektakuler kayak masuk di kawasan hantu lah atau di Taman Remaja Surabaya. Hampir semua pengunjung

mengabadikan gerak-gerik mereka dengan tokoh dunia, dengan berbagai gaya dan ketokohan sang tokoh. Ada Obama, Saddam Husien, Hitler, dan lainnya, ada Ronaldinho, Muhammad Ali sang legenda tinju profesional, ada bintang flim Asia dan dunia. Lebih baik membawa kamera atau tustel sendiri selama nampang atau berpose di Madame Tussauds, sebab jika difoto petugas harus membeli di pintu keluar cukup mahal, harga mulai 100 dolar HK. Pertanyaan besar dari Irwan apakah selamanya bangsa Indonesia kalau mau melihat patung lilin, atau menikmati semacam The Peak ini harus datang menghabiskan uang ke Hong Kong, ’’Kapan di Indonesia punya lokasi wisata seperti ini,’’ ujarnya sambil membetulkan kaca mata. Tentu saja Menteri Pariwisata dan Budaya memikirkan pengembangan lokasi wisata dengan kreatifitas tinggi untuk menjual potensi wisata yang aduhai dan menjanjikan, namun belum mendapat polesan dan sentuhan kreatifitas. (bersambung)

Diwakili Sekdakot Agus Wahyudi SAMBUNGAN HALAMAN 9

Walikota... Hal senada juga disampaikan Setyo Puji ketika menemui dan menerima perwakilan simpatisan dan kader PDIP. “ Saya sebagai Ketua DPRD dan dari fraksi PDIP siap mendukung untuk menolak kenaikan harga BBM,” ujarnya seraya beharap seluruh jajaran dan Bupati ikut mendukung aksi ini. Jawaban normatif justru dilontarkan sekdakab Muhammad Ardi Prasetya. Dengan dalih statusnya sebagai PNS, aspirasi yang muncul dari bawah tidak bisa didukung secara nyata. “Kita tidak bisa menyatakan ikut menolak karena kita hanya sebagai PNS namun kita akan mendukung aksi ini,” ujarnya. Usai melakukan aksi demo, massa kemudian melakukan long march dari kantor pemkot menuju posko. Show of force yang hanya dilakukan puluhan simpatisan PDIP itu melewati beberapa jalan protokol di tengah kota. Kecilnya massa pendemo tidak sebanding dengan pengerahan personil keamanan dari Polres Mojokerto yang dibantu TNI dan Satpol PP. “Kami menyiapkan 1800 personil gabungan pada dua titik rawan. Yakni 1000 personil di

pemkab dan sisanya di pemkot. Selain itu, beberapa titik vital seperti di SPBU dan jalur yang akan dilalui para pengunjuk rasa juga ditempatkan beberapa personil untuk menjaga suasana tetap kondusif,” terang Kapolres Mojokerto Kota, AKBP Iwan Kurniawan. Di Kediri Kota, aksi penolakan rencana pemerintah tidak direspon walikota Samsul Ashar yang pilih kabur ketika ribuan massa PDIP mendatangi kantor pemkot. Massa kemudian mengalihkan sasaran ke sekdakot Agus Wahyudi untuk menandatangani surat dukungan menolak kenaikan harga BBM. Agus terpaksa memberikan dukungan setelah beberapa pengurus DPC PDIP Kediri menerobos masuk kantor pemkot mencari Samsul Ashar. Di depan massa yang berkisar 3 ribu orang itu, Agus Wahyudi menyatakan atas nama Pemkot Kediri ikut mendukung langkah PDIP dalam menolak rencana kenaikan BBM pada 1 April mendatang. “Hidup pemkot! Hidup pemkot!, kita menolak

rencana kenaikan BBM ini karena hal ini akan menambah sengsara rakyat,” ucapnya. Selanjutnya saat beberapa pengurus PDIP menyodorkan kertas di map merah yang isinya pernyataan sikap, Agus pun ikut menandatangani penolakan tersebut. Usai melakukan aksi, massa kemudian bergerak ke gedung DPRD Kota Kediri. Di sana, mereka ditemui langsung ketua dewan Wara Reni. S. Dalam keterangannya, pimpinan legislatif itu dengan tegas menolak rencana kenaikan BBM, 1 April mendatang. Penolakan rencana pemerintah juga terjadi di Gresik. Meski hanya diikuti massa ratusan, mereka sukses menyeret wakil ketua DPRD Gresik Hadi Kusono yang juga dari PDIP untuk memberikan pernyataan sikap. “Saya mewakili ketua DPRD menyatakan sangat mendukung penolakan BBM yang di lakukan oleh masa PDIP, memang keputusan menaikan harga BBM bukan opsi yang tepat saat ini, karena jelas ibarat gelombang menaikan BBM itu akan menghempas rakyat,” ujarnya.

Dalam aksi penolakan tersebut ribuaan massa dari simpatisan PDIP yang terdiri dari Bamusi, Repdem, Merah Putih dan Sarinah melakukan aksi longmarch dari kantor DPC PDIP yang ada di jalan Jaksa Agung Suprapto Gresik menuju kekantor DPRD Gresik. Selainn membawa sejumlah atribut partai masa juga menggelar poster poster penolakan kenaiakn BBM tersebut. “ Kami menuntut agar pimpinan daerah juga ikut mendukung aksi penolakan ini, karena kebijakan ini dipastikan akan menambah kesengsaraan rakyat, khususnya rakyat miskin, “ ungkap Kusono yang juga korlap aksi Lebih lanjut Kusono menjelaskan bahwa kekuatan APBN adalah Rp 1500 triliun, sementara kalkulasi hemat anggaran yang di petik dari kenaikan BBM hanya berkisar puluhan triliun. “Dari puluhan triliun tersebut nantinya untuk program BLSM pengganti BLT, Jadi yang masuk negara amat tidak signifikan untuk memperkuat neraca anggaran kita,” tambah Kusono. (pw1/aka/kho/epe)

Anggap BLT Muslihat Cabut Subsidi SAMBUNGAN HALAMAN 9

Sholat... Orasi mereka direspons ketua Fraksi PDIP Mugi Waluyo dan wakil ketua DPRD Abdul Wahid. Padahal sebelumnya sempat berkembang isu akan terjadi chaos jika salah satu simbol wakil pemerintah di Bojonegoro tidak mendukung aksi mereka. Persetujuan yang diteken keduanya mendinginkan tensi massa setelah sebelumnya gagal menyeret Bupati Suyoto untuk

memberikan dukungan. Bupati asal PAN itu diketahui tidak berada di ruangannya sehingga lembaran persetujuan hanya diparaf oleh Asisten Pemkab Bojonegoro Kusnandoko. “Karena Pak Bupati sedang dinas di luar kota, maka persetujuan saya paraf terlebih dahulu, “ katanya yang didampingi sejumlah pejabat Pemkab Bojonegoro dihada-

pan pendemo. Melihat lembaran hanya diparaf, pendemo emosi dan melakukan pembakaran keranda yang diatasnya tertempel dua foto Presiden SBY dan Wapres Budiono. Melihat kondisi itu, puluhan polisi yang dipunggung belakangnya terpasang gas, spontan menyemprotkan kobaran api yang membakar keranda. Seperangkat sound system

yang dibawa pendemo, berkumandang teriakan Allah Akbar. “Saya menyerukan kepada seluruh rakyat Indonesia agar menolak kenaikan BBM, tolak BLT karena itu adalah muslihat agar subsidi dicabut, akibatnya SBY untung rakyat buntung, “ tegas Mugi Waluyo, ketua Fraksi PDIP DPRD Bojonegoro. Setelah bertakbir, secara bergantian pendemo meninggalkan kantor bupati dikawal polisi. (ren/epe)

Penggantian Plat Seijin Polres SAMBUNGAN HALAMAN 9

Cari... Kabag Umum Pemkot Mojokerto, Amin Wachid mengatakan, digantinya plat merah ke plat hitam tersebut tidak ada intrusksi secara tertulis namun sebatas himbauan yang dilanjutkan Pemkot Mojokerto. Hibauan itu, lanjutnya langsug dari Gubernur meski tidak disampaikan secara tertulis. Untuk kelancaran, pihak Pemkot sudah melakukan izin

ke Polres Mojokerto Kota untuk mengganti mobil dinas berplat merah ke plat hitam. Tercatat, sebanyak 146 unit mobil dinas milik Pemkot Mojokerto diganti plat hitam sejak 20 Maret lalu. “Sebanyak 146 unit mobil dinas yang diganti plat hitam, termasuk 47 unit mobil milik pimpinan, mulai Walikota, Wakil Walikota, Sekda,

pimpinan DPRD maupun kepala SKPD yang ada. Ini sebagai langkah antisipasi gejolak masyarakat menjelang kenaikan harga BBM nanti,’’ katanya. Rencananya, penggantian plat merah ke hitam tersebut sampai akhir bulan April mendatang. Meski himbauan penggantian mobil dinas ke plat hitam tersebut mulai 27 Maret hingga 10 Apri, namun pihak

Pemkot Mojokerto meminta izin penggantian plat tersebut ke Polres Mojokerto Kota hingga akhir bulan April mendatang. Secara terpisah, Kabag Humas Kabupaten Mojokerto mengatakan, di lingkungan Pemkab tidak ada instruksi mengganti plat merah menjadi plat hitam. “ Mobil yang saya pakai tetap menggunakan plat merah,” jelasnya. (pw1/epe)

Dua Pelajar Madiun Tewas Tertabrak Truk MADIUN, (BM) - Dua pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Nglames, Kabupaten Madiun, tewas akibat tertabrak truk di Jalan Raya Madiun-Surabaya, Desa Tiron, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun, Selasa (27/3). Komandan Pos Lalu Lintas Bagi, Polres Madiun, Aiptu Yudi Kristian mengatakan, kedua korban tersebut adalah Eriko Deky Wirakusuma warga Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, dan Aditya Bagus warga Kelurahan Patihan, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun. “Korban Eriko tewas di lokasi kejadian, sedangkan temannya Aditya tewas di RSUD dr Soedono Kota Madiun saat mendapatkan perawatan medis. Keduanya tertabrak truk saat berangkat ke sekolah tadi pagi,” ujar Aiptu Yudi. Menurut dia, kecelakaan tersebut terjadi saat kedua pelajar SMA ini mengendarai motor Honda Legenda bernomor polisi N-5606-TC dari arah Caruban, Kabupaten Madiun menuju Kota Madiun. Saat di lokasi kejadian, kedua pelajar ini hendak mendahului sebuah truk gandeng dari arah yang sama muncul motor bernomor polisi AG-9065-UG yang dikemudikan oleh Purnomo warga Kediri. “Malangnya, saat pelajar tersebut hendak mendahului truk, dari arah berlawanan muncul

sepeda motor Yamaha Mio yang dikendarai oleh Tauhit Angkasa (16) warga Desa Tiron, Kecamatan/kabupaten Madiun, hingga kedua motor tersebut bertabrakan,” kata dia. Akibat tabrakan dengan motor Mio tersebut, kedua pelajar SMA itu terpental dan masuk ke kolong truk gandengan. Dua tubuh pelajar ini langsung terlindas truk dan seorang di antaranya tewas di lokasi kejadian. Yudi menambahkan, pada kejadian ini terdapat dua kecelakaan lalu lintas. Yakni, kecelakan sepeda motor dan yang kedua adalah kecelakaan sepeda motor dengan truk. Polisi juga telah mengamankan sopir truk gandeng di Mapolres Madiun untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Sedangkan pengendara sepeda motor Mio, beruntung hanya mengalami luka ringan dan telah diperbolehkan pulang setelah menjalani perawatan di rumah sakit setempat. “Polisi masih menyelidiki kasus kecelakaan ini lebih lanjut dengan memintai keterangan dari para saksi. Belum ada yang ditetapkan tersangka dalam kasus ini,” kata Aiptu Yudi. Arus lalu lintas jalur Madiun-Surabaya di lokasi kejadian sempat macet selama beberapa jam akibat kecelakaan ini, namun kini telah berlangsung normal. (at/epe)

Belum Ada UU yang Mengatur SAMBUNGAN HALAMAN 9

KPID... Agenda terpenting yang akan dilakukan oleh KPID adalah digitalisasi penyiaran. Yang mana nantinya akan dilakukan pergantian TV analog menjadi TV Digital. “Tahun 2012 ini di mulai. Berakhir tahun 2018,” jelas pria jebolan Stikosa AWS tersebut, Selasa (27/3). Di singgung manfaat apa yang nantinya bisa di dapat oleh masyarakat dari pergantian TV analog ke TV Digital tersebut, Fajar menyatakan masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang lebih banyak dan lebih memuaskan. “Chanelnya khan nanti bisa lebih banyak. Jadi informasi yang didapat nantinya juga bisa lebih luas guna mencerdaskan masyarakat,” ucapnya.

Sayangnya, tidak semua kawasan di Jatim bisa menikmati layanan TV digital. Menurut Fajar, ketidak seragaman itu akibat kondisi masyarakat yang menurutnya belum mampu membeli. “Awal di perkotaan dulu karena sudah ada road maapnya. Jatim masuk zona tujuh. Peralihan dari TV analog ke TV Digital ini seperti peralihan dari AM ke FM kalau di radio,” jelasnya. Sementara itu, Wakil Ketua KPID Jatim, Arif Budisantoso menjelaskan bahwa saat ini tekhnologi sudah tidak bisa dibendung lagi sehingga jika bangsa Indonesia tidak ikut berpartisipasi maka bisa ketinggalan dengan bangsa yang lain. “Tekhnologi sudah

menjadi keniscayaan. Jadi kita harus turut berpartisipasi,” prediksinya. Pria yang juga sempat menjadi wartawan ini juga menjelaskan bahwa digitalisasi penyiaran merupakan bentuk partisipasi guna meningkatkan tekhnologi. Namun, Ketika disinggung apakah sudah ada aturan dalam UU tentang digitalisasi penyiaran, khususnya tentang konversi dari TV analog ke TV Digital, Budi menjawab belum ada. “Permasalahannya memang sampai saat ini belum ada UU nya. Hanya permen (peraturan menteri) komunikasi dan Informasi. Padahal ini khan di tender besar-besaran. Makanya kita masih mendesak supaya ada aturan yang jelas,” pungkasnya. (vick/epe)

Saksi Ahli Mantan Hakim Agung SAMBUNGAN HALAMAN 9

Musyafak... Sedangkan tiga putusan lainnya, Sukamto Hadi, Mukhlas Udin dan Purwito sampai saat ini belum turun dari MA. “Sampai saat ini belum ada,” cetus Agus. Info yang berkembang, dalam putusan bernomor 146/ K/PID.SUS/2010, majelis hakim MA diketuai Imron Anwari dengan anggota Rehngena Purba dan Suwardi, terjadi putusan berbeda atau dissenting opinion. Rehngena Purba dan Suwardi sepakat menyatakan mengabulkan permohonan kasasi dari pemohon kasasi, jaksa/Penuntut Umum Kejari Surabaya. Selain itu, majelis hakim juga membatalkan putusan PN Surabaya Nomor: 1031/Pid.B/ 2009/PT.Sby tanggal 04 November 2009. Putusan ini menyatakan Musyafak dinyatakan tidak terbukti bersalah dan menjatuhkan vonis bebas. Selain hukuman badan, Musyafak dihukum membayar denda Rp 50 juta, apabila denda tidak dibayar diganti dengan lima bulan kurungan. Musyafak Rouf beralamat di Tenggilis Lama II, Tenggilis Mejoyo, RT4/RW-3 didakwa melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara. Perbuatan itu dilakukan bersama Sekkota Sukamto Hadi, Asisten II Bidang Administrasi Pembangunan Surabaya Muhlas Udin serta Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Surabaya Purwito (sekarang pensiun). Tiga nama terakhir dilakukan penuntutan secara terpisah. Sesuai PP 24/2004 yang diubah terakhir dengan PP 21/ 2007 tentang Perubahan Ketiga atas PP 24/2004 tentang Kedudukan Protokoler dan Keuangan Pimpinan dan Anggota DPRD, pasal 10 menyebut beberapa poin

penghasilan pimpinan dan anggota DPRD. Diantaranya, uang representasi, uang paket, tunjangan jabatan, tunjangan panitia musyawarah, tunjangan komisi, tunjangan panitia anggaran, tunjangan Badan Kehormatan dan tunjangan alat kelengkapan lainnya. Anggota DPRD tidak berhak menerima uang sebagai penghasilan, selain yang ditentukan tersebut. Berdasar salinan putusan MA, terdakwa Musyafak Rouf menerima penghasilan selain dari yang ditetapkan. Dia menerima biaya pemungutan pajak daerah. Perkara ini muncul pada September 2007 saat Musyafak menjabat sebagai Ketua DPRD Surabaya. Dia menghubungi Muhlas Udin agar mengingatkan wali kota yang saat itu dijabat Bambang DH. Intinya meminta uang jasa pungut pajak daerah sebesar Rp 470 juta untuk DPRD lantaran mendekati hari raya. Permintaan itu disetujui Bambang secara lisan. Pada 4 Oktober 2007 Muhlas Udin menyerahkan uang Rp 470 juta kepada Musyafak di ruang kerjanya. Bukan hanya itu, terdakwa meminta uang tambahan lagi dan dikabulkan sebesar Rp 250 juta. Pembahasannya dilakukan bersama mantan Kepala Bagian Keuangan Purwito. Karena itulah, kerugian negara terhitung Rp 720 juta. Putusan PN Surabaya dibatalkan oleh MA karena hakim PN Surabaya salah menerapkan hukum dan menafsirkan Perwali 44 Tahun 2007, yang mengatur pembagian jasa pungut. DPRD tidak termasuk lembaga penunjang pemungutan pajak daerah. Kesalahan menerapkan dan menafsirkan itu menyebabkan hakim salah dalam menganalisa unsur melawan hukum. Selain itu, jasa pungut itu

tak termasuk penghasilan anggota dan pimpinan DPRD seusai Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 2004. Dalam peraturan tersebut juga disebutkan anggota dewan tidak boleh menerima penghasilan di luar yang telah diatur. MA mempertimbangkan keterangan saksi ahli Muksan dari Universitas Gajah Mada sekaligus mantan hakim agung MA. Dia memberikan keterangan, pengertian penunjang dalam ilmu hukum diartikan dengan proses pemungutan pajak. Sedangkan yang berhak memungut adalah eksekutif. Sementara ketua majelis Imron Anwari menyatakan pendapat yang berbeda (dissenting opinion). Menurutnya anggota dewan berhak atas uang jasa pungut pajak. Ini berdasarkan Perda 9 Tahun 2006, diperkuat dengan Perwali 69 Tahun 2006 nomor 74 Tahun 2006 dan Nomor 44 Tahun 2007. Pasal 1 disebutkan aparatur penunjuang adalah instansi/lembaga yang menunjang dalam rangka kegiatan pungutan pajak. Lembaga yang dimaksud adalah DPRD. Adanya ketentuan tersebut, walikota mengijinkan dan menyetujui untuk DPRD diberikan uang jasa pungut pajak. Pada 4 Oktober 2007 terdakwa menerima yang Rp 470 juta dari Muhlas Asisten II dan pada 28 November 2007 mendapat uang Rp 250 dimana uang tersebut dibagikan ke seluruh anggota DPRD. Sedang tim Penasehat Hukum Musyafak, Syaiful Maarif, SH, MH CN saat dikonfirmasi masih enggan berkomentar. “Kita belum bisa menjelaskan, memang ada putusan yang cacat hukum. Nanti saya akan pelajari dulu, apa perlu diajukan PK atau mengajukan keberatan ke Komisi Yudusial,” tandasnya. (mat)


RABU, 28 MARET 2012

16 DINAMIS - HARMONIS

Wendy Sarasdyani: Sabun hanya digunakan untuk mandi. Umumnya, masyarakat mencuci tangan pakai sabun hanya saat tangan kotor, bau,atau berminyak.

Guangzhou Sebuah Kota Impian (2)

Pembanding Perubahan Kota di Indonesia Guangzhou berada di Provinsi Guangdong. Provinsi ini berbatasan langsung dengan Hong Kong dan Macau, yang merupakan negara dengan otonomi penuh milik China. Di Guandong terdapat tiga kota besar, yakni Guangzhou, Shenzhen dan Dongguan, seperti tulisan awal Shenszen dalam kurun waktu 20 tahun terakhir tumbuh menjadi metropolitan dengan gedunggedung pencakar langit dan kini menjadi salah satu kota terpenting di Cina (Tiongkok). di mana-mana. Ini merupakan instrospeksi buat kotakota besar di Indonesia, supaya bercermin terhadap kemajuan Cina,’’ kata Irwan dengan mata berkaca-kaca seperti menandakan sedih campur marah dengan kondisi di Indonesia. Kemajuan Tiongkok mengingatkan pada cerita Irwan Halim saat menemani wisata seharian di The Peak Hong Kong, menurut Irwan, papa dan mamanya (Sukamto Halim dan Tata Nurjawati) pada tahun 1985 ingin pulang ke kampung halamannya di Xiamen, Provinsi Fujian, waktu itu untuk mempermudah memasuki wilayah Cina melalui Hong Kong. “Kata papa, pada tahun itu, Hong Kong sudah maju dan berkembang pesat menjadi kota metroplitan, tetapi waktu datang ke kampungnya di Xianmen masih sangat sederhana seperti kampung kampung kuno di masa lalu,” ujarnya. Irwan melanjutkan cerita, bahwa pada saat papa dan mamanya pulang kampung di Xianmen itu, kondisi Jakarta sudah maju dan menjadi perbincangan di kampung Xianmen tentang kemajuan Jakarta dan ketertinggalan beberapa kota dan kampung di Cina (Tiongkok), sehingga Jakarta benarbenar membanggakan. Namun, 28 tahun kemudian saat papanya (Sukamto Halim) pulang lagi ke Xianmen, sungguh sebuah pemandangan mengagetkan. Betapa tidak? Tiongkok telah berubah menjadi sebuah negara maju dan kota-kota di hampir seluruh provinsi telah berkembang pesat menjadi metropolitan sejati, gedung-gedung mencakar langit, kampungkampung menjadi kota idaman. Sementara Jakarta masih seperti 28 tahun silam, tidak perubahan pembangunan fisik untuk kemajuan sebuah ibu kota negara. ’’Ya kemajuan di negara Cina, dan kemandegan pembangunan fisik dan pembangunan infrastruktur jalanjalan tol maupun transportasi massal di Indonesia, memang membuat miris dan agak sakit rasanya, apalagi di Indonesia semua ada, sumber alam ada

Kota Sejarah Guangzhou, yang terletak di sebelah utara delta Sungai Mutiara, merupakan pusat perdagangan penting serta pelabuhan super sibuk dan ibu kota provinsi Guandong. Kota ini memiliki luas lebih dari 16.000 kilometer persegi dan berpenduduk 6,7 juta. Iklim Guangzhou adalah sub-tropis Temperatur sepanjang tahun rata-rata 22C Agustus adalah bulan terpanas, dengan suhu rata-rata 28C. anuari adalah bulan terdingin, dengan ratarata 13C, Musim hujan jatuh antara bulan April dan Agustus, Curah hujan tahunan rata-rata adalah 1.720 mm Seperti Athena Yunani dan Roma dari Italia, Guangzhou juga memiliki sejarah lebih dari 2.800 tahun. Ada banyak legenda menarik tentang masa lalu, Salah satu cerita indah lima ekor kambing membawa gandum ke Guangzhou sebagai pertanda bahwa ada kemakmuran dan masa depan gilang gemilang. Sehingga disebuat dengan nama kota Kambing. Selain kisah-kisah dan cerita, di sana-sini berdiri monumen dari masa lalu kota de-

mokratis dan revolusioner. Monumen perjuangan Anti Inggris di San Yuan Li adalah peringatan akan pemberontakan 1841 terhadap kekuasaan kolonial Inggris, dan Huang Hua Gang Taman, sebagai penyebar semangat terus hidup 72 pahlawan martir yang tewas dalam pemberontakan 1911 melawan dinasti Manchu. Selain itu, ada Petani Gerakan Nasional Institute adalah sekolah kader-pelatihan mantan didirikan dan dijalankan oleh Mao Zedong dan Zhou En Lai di 1925-1926. Taman Memorial Guangzhou adalah untuk mengenang mereka yang kehilangan nyawa mereka selama Pemberontakan Komunis di tahun 1927. Guangzhou adalah juga salah satu pusat paling penting dari perdagangan asing di Cina Selatan Ekspor Pameran Komoditas China telah diadakan dua kali setahun di kota itu sejak 1957. Ini juga merupakan pusat kebudayaan.. Ada beberapa perguruan tinggi, Universitas Zhongshan, Cina Selatan University of Technology, Ji-nan University dan sebagainya. Ada juga instansi pendidikan yang lebih tinggi. Kota ini terkenal karena seni dan kerajinan, yaitu Guang Dong bordir, gading ukiran dan keramik Guangzhou adalah kota yang indah dengan pemandangan yang selalu hijau dan bunga-bunga bermekaran sepanjang tahun. Dan membandingkan kemajuan Guangzhou sebagai kota bersejarah dengan kota-kota besar dan kota berkembang di Indonesia yang juga mempunyai sejarah dan perjuangan hampir sama, Guangzhou sebagai salah satu kota pilihan untuk pembanding perubahan pengembangan kota di Indonesia menuju kemajuan tanpa menghilang jejak sejarah dan perjuangan. (bersambung)

FOTO: BM/DOK JOKO TETUKO

PUSAT KOTA: Bersama JJ di pusat keramaian Beijing Lu (Beijing Road)

Ajak si Kecil Cintai Lingkungan MENJAGA kebersihan lingkungan harus ditanamkan sejak kecil. Ajarkan kebiasaan tersebut dari hal-hal kecil dan lakukan dengan cara yang menyenangkan dan tanpa paksaan. Kesadaran untuk mencintai lingkungan perlu diperkenalkan kepada anakanak sejak usia dini.Oleh karena itu,sangat penting untuk mengedukasi anak-anak dengan memberikan pengetahuan praktis mengenai aktivitas sehari-hari yang bersahabat dan tidak merusak lingkungan sehingga mereka menyadari pentingnya arti kelestarian alam dan lingkungan. Sebagai orang tua,hendaknya kita tidak hanya berbicara, menasihati sedemikian rupa sang anak,misalnya untuk menghemat air,tidak membuang sampah sembarangan, hemat listrik,dan lain-lain. Tindakan jauh lebih baik dibanding hanya berbicara tapi tidak sejalan dengan aplikasinya. Sebab,si anak belajar meniru dan mencontoh. Kepedulian kepada kelestarian lingkungan perlu dilakukan sejak dini karena usia dini merupakan dasar pembentukan karakter anak.Mengajarkan cinta lingkungan juga akan menumbuhkan sikap bersyukur.Umumnya, anak yang mencintai alam, cenderung berhati lembut dan mengasihi sesama. Bagaimana caranya? Contoh pertama adalah tidak membuang sampah sembarangan. Jika sedang berjalan-jalan dengan anak, Anda biasanya suka membeli snack,susu dalam kemasan,atau minuman ringan dalam kemasan. Biarkan anak memegang makanannya sampai habis. Jika sudah habis,biasanya anak akan memberikan sampahnya kepada Anda atau membuangnya begitu saja di sembarang tempat. Sebelum mereka melakukannya,beri tahu dulu untuk tidak membuang sampahnya sembarangan dan tidak memberikannya kepada Anda.Jika tidak menemukan tong sampah, suruhlah untuk bertahan memegang sampah makanannya. Atau jauh lebih baik lagi jika pada saat bepergian,Anda selalu membawa kantong plastik sedang untuk mengumpulkan bungkus-bungkus snack yang sudah kosong. Jika susah menemukan tong sampah,Anda bisa meminta anak mengum-

pulkan bungkus- bungkus kosongnya di dalam plastik itu.Jika anak bertanya kenapa tidak membuangnya sebelum menemukan tong sampah,Anda bisa mengatakan,tidak boleh membuang sampah di sembarang tempat karena akan merusak lingkungan. Sebenarnya lebih baik lagi untuk tidak membiasakan jajan kepada anak untuk mengurangi sampah plastik.Kita bisa membuat acara memasak menjadi menyenangkan sebelum bepergian dengan anak. Tanamkan kesadaran bahwa menjaga alam merupakan bagian dari ibadah. Jelaskan dengan logika yang sederhana bahwa jika kita membuang sampah sembarangan, pada saat hujan atau tertiup angin, sampah-sampah itu akan masuk ke saluran air atau got. Pada saat hujan besar datang, sampah itu akan menyumbat saluran air dan terjadilah banjir.Jika sudah banjir, maka timbul penyakit seperti demam berdarah,mau ke mana- mana susah karena banjir, sepatu juga jadi basah,mau bermain pun akhirnya sulit, apalagi kalau anak sampai sakit karena bahaya banjir. Cukup jelaskan dengan katakata sesederhana mungkin. Selanjutnya,ajari anak untuk selalu cuci tangan pakai sabun di waktu-waktu penting. Koordinator Public-Private Partnership for Handwashing (PPP-HWWS) Wendy Sarasdyani mengutarakan,berdasarkan studi formatif di tujuh lokasi di daerah Jawa,Sumatera, Nusa Tenggara,dan Sulawesi, meski pengetahuan masyarakat terhadap cuci tangan sudah tinggi,namun dalam praktiknya justru

masih rendah. Cuci tangan belum menjadi suatu kebiasaan,budaya keseharian, ataupun norma sosial suatu tempat. “Sabun hanya digunakan untuk mandi.Umumnya, masyarakat mencuci tangan pakai sabun hanya saat tangan kotor, bau,atau berminyak. Sementara,cuci tangan di waktu-waktu penting tidak banyak diketahui. Mereka belum banyak yang mengerti jika cuci tangan adalah sesuatu yang penting. Ini terjadi di hampir semua daerah, baik masyarakat di perkotaan maupun di pedesaan,“ ujar dia. Ajari juga buah hati untuk tidak merusak tanaman,tapi justru menanam tanaman. Buatlah acara berkebun menjadi menyenangkan pada akhir pekan.Anak pun akan terkesan dengan sendirinya jika dalam beberapa hari melihat tanaman yang ditanamnya berkembang. Jelaskan bahwa menanam tanaman yang dapat meresap air dapat mencegah banjir. Anak juga perlu diberikan edukasi bagaimana menghemat listrik.Jika membuka lemari es,beri tahu untuk tidak membukanya terlalu lama. Jika pergi ke mini-market untuk membeli minuman dingin, sebelum membuka lemari pendingin katakan untuk memantapkan pilihan apa yang akan diambilnya. Aulia Esti Widjiasih Reksoatmodjo, Sustainability and Environmental Education Trainer dari Komunikasi Peduli Alam Indonesia (KPAI), mengatakan bahwa sejatinya kecintaan terhadap lingkungan bukan hanya tentang menanam pohon atau membersihkan rumah. (okz)

berita metro  

Edisi Rabu, 28 Maret 2012

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you