Issuu on Google+

HARIAN PAGI TERBIT 16 HALAMAN REDAKSI: 087851745666 IKLAN: 0818399087 LANGGANAN/SIRKULASI: (031) 5318686 PENGADUAN: 0812 1697 8686

HARGA ECERAN: RP 2.500,LANGGANAN: RP 45.000,-/BULAN

RABU, 27 JUNI 2012 STATISTIK EURO 2012 PORTUGAL 6 33 37 35 8 7 0 60

SPANYOL

Gol Tendangan ke Gawang Tendangan Melenceng Tendangan Sudut Offside Kartu Kuning Kartu Merah Pelanggaran

8 44 23 33 15 6 0 43

DIBALIK RIVALITAS IBERIAN Portugal selalu menempatkan pemain-pemain yang sama dalam empat laganya di Euro 2012 sejauh ini. Cristiano Ronaldo sejauh ini sudah mencatat raihan tertinggi dalam kariernya di Euro dengan tiga gol. Portugal telah melakukan percobaan yang membentur tiang sebanyak enam kali selama Euro 2012. Empat di antaranya dilakukan Ronaldo. Spanyol terakhir kali bertemu Portugal di partai persahabatan pada November 2010 yang berakhir dengan kemenangan A Seleccao 4-0. Beberapa bulan sebelumnya, Portugal dieliminasi Spanyol pada Piala Dunia 2010 dengan skor 1-0. Dalam sejarah 34 kali pertemuan kedua tim, Spanyol 16 kali menang, 12 seri, dan 6 kali kalah. Namun, dalam 12 pertemuan terakhir, “La Roja” baru memenangkan dua laga. Dua gol gelandang Spanyol, Xabi Alonso di gawang Prancis di perempat final Euro 2012 menandai cap ke-100 dia bersama Timnas Spanyol. Di Euro 2012 sejauh ini, Spanyol menjadi tim dengan pertahanan terbaik dengan hanya kebobolan sebiji gol dan belum kebobolan selama 299 menit terakhir. Pasukan Vicente del Bosque tampaknya begitu menikmati drama menit-menit akhir laga. Lima dari delapan gol mereka di Euro 2012 tercipta pada 30 menit terakhir laga.

Andres Iniesta

Christiano Ronaldo

FOTO-FOTO: BM/DAYLIFE

Setelah saling mengalahkan pada 34 kali pertemuan, dua tim Semenanjung Iberia -Spanyol dan Portugal- akan kembali bentrok pada semifinal Euro 2012 di Donbass Arena, Donetsk. Akankah Spanyol yang dihuni pemain bertabur bintang akan mengulang sukses menembus final layaknya piala dunia 2010 lalu. Ataukah Portugal yang justru akan membuat kejutan sebagaimana mereka pernah melumat Spanyol 4-0 dalam pertandingan persahabatan terakhir di Lisbon, November 2010. (Siaran Langsung RCTI Kamis 1.45 WIB). POZNAN, (BM)– Pertandingan semi final ini merupakan kali keempat kedua tim bertemu pada turnamen besar. Pada Piala Eropa 1984, Spanyol dan Portugal bermain imbang 1-1. Kemudian pa-

Penulis Buku Konspirasi SBY-Bakrie

Lima Hari Hilang, Lapor Polisi JAKARTA, (BM)– Penulis buku “Lumpur Lapindo File: Konspirasi SBY-Bakrie” Ali Azhar Akbar belum ditemukan setelah lima hari dilaporkan hilang sejak Jum’at (22/6). Ali Azhar harus segera ditemukan, mengingat perannya sebagai saksi kunci dalam sidang gugatan uji materi Pasal 18 Undang-Undang Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2012 yang melegalkan suntikan uang negara untuk lapindo. Untuk itu, kuasa hukum pemohon uji materi, M. Taufik Budiman menyatakan akan melaporkan hilangnya Ali Azhar ini ke pihak kepolisian. Sebab, Taufik mencurigai ada pihak yang menculik Ali.  Baca: Lima... HALAMAN 7

JAGAD UNIK

Wasit Turki Isyarat Buruk Portugal

da Piala Eropa 2004, giliran Portugal menekuk La Furia Roja, 1-0. Namun pada perdelapan final Piala Dunia 2010, Spanyol memaksa Portugal angkat koper setelah memenangi pertandingan, 1-0.

DONETSK, (BM)– Penunjukkan wasit asal Turki, Cuneyt Cakir untuk memimpin semifinal Portugal lawan Spanyol, Kamis dini hari WIB (28/6) membuat kubu Portugal seolah panik. Bahkan, beberapa media Portugal menulis keberadaan wasit 35 tahun itu akan menjadi isyarat buruk buat Cristiano Ronaldo dkk.

 Baca: Bukan... HALAMAN 7

 Baca: Wasit... HALAMAN 7

FOTO: BM/ANTARA

KORBAN TEMBAK: Wakil Direktur bidang pelayanan medik RSUZA Banda Aceh, HM. Andalas (tengah) memantau kondisi pasien luka tembak dibagian pipinya yang sedang dirawat diruang IGD RSUZA Banda Aceh, Selasa (26/6).

 Baca: Aksi... HALAMAN 7

Sakit & Lumpuh, Nenek 77 Tahun Disidang Sembari Terbaring

Kuasa Hukum Nilai Kasus Penuh Rekayasa

FOTO: BM/IST

KOTA TERMACET DI DUNIA NEGARA dengan luas 1,98 kilometer persegi ini terkenal sebagai tuan rumah untuk lomba F1. Monaco memiliki sirkuit pertama di dunia dan yang lebih oke, sirkuit ini merupakan jalanan utama di Monaco. Sayangnya, saat sedang tidak ada turnamen F1, jalanan cantik ini berubah jadi neraka. Ada lebih dari 31.000 mobil di negara ini yang menyebabkan kemacetan luar biasa. Kemacetan biasanya terjadi pada pagi dan sore hari. (ami)

KORUPSI HAMBALANG

Aksi Balasan, Kubu Gubernur Aceh Terpilih Diberondong Tembakan BANDA ACEH, (BM)- Rombongan Partai Aceh Langsa yang baru saja kembali dari pelantikan Gubernur Terpilih dr. Zaini Abdullah–Muzakkir Manaf, dilaporkan terkena tembak. Rombongan diberondong peluru ketika berada di desa Pagar Air Lambaro Banda Aceh sekitar pukul 20.00 WIB pada Senin (25/6). Dua korban sudah dilarikan ke RS Zainal Abidin untuk mendapatkan perawatan medis. Jufri anggota Partai Aceh Langsa membenarkan insiden tersebut. Waktu terkena muntahan peluru, rombongan dalam perjalanan dari Banda Aceh dengan tujuan Langsa.

Pengadilan di Indonesia kembali memunculkan 'fakta' berbeda. Hal ini dialami nenek bernama Loena Kanginnadhi yang disidang dengan kondisi terbaring di tempat tidur. KASUS yang menimpa Loena Kanginnadhi memang memprihatinkan. Nenek yang tengah sakit keras dan dalam kondisi lumpuh ini diharuskan menghadiri sidang di Pengadilan Negeri Denpasar meskipun terbaring di atas tempat tidur rumah sakit (strecher). Loena sendiri didakwa terlibat dalam kasus penipuan penjualan tanah di daerah Jimbaran, Kuta Selatan, Badung, Bali, senilai 850 ribu dolar AS atau sekitar Rp 1,080 miliar.  Baca: Kuasa... HALAMAN 7

FOTO: BM/INILAH

TERBARING: Loena Kanginnadhi ketika menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Denpasar, Bali dalam kondisi sakit dan terbaring di atas tempat tidur, Selasa (26/6).

FOTO: BM/DOK

Cuneyt Cakir

FOTO: BM/ANTARA

SKANDAL PROYEK: Wujud proyek Kementerian Pemuda dan Olahraga di kompleks Pusat Sarana Olahraga Hambalang, Bogor yang telah membelit sejumlah elit politik, termasuk Ketum PD Anas Urbaningrum dan Menpora, Andi Alfian Mallarangeng.

Hari Ini, Anas Penuhi Panggilan KPK UsutPenyalahgunaan Wewenang JAKARTA, (BM)– Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menguji kesaktian Ketua Umum Partai Demorkat Anas Urbaningrum dalam skandal korupsi megaproyek Hambalang, Bogor. Hari ini (Rabu, 27/6), lembaga ad hoc ini berencana memeriksa politisi muda asal Blitar, Jawa Timur tersebut sebagai saksi. Pemeriksaan Anas bukan tanpa alasan. Sejumlah pihak sejak lama mendorong KPK agar memeriksa mantan Ketua Fraksi Partai Demokrat itu untuk memperjelas perannya dalam kasus tersebut. Meskipun, sebagian pihak yang lain menyebut dorongan terhadap KPK ini hanya bagian dari pembentukan opini guna menguatkan tudingan bahwa Anas benarbenar terlibat dalam dugaan kasus korupsi yang menyedot anggaran Rp Anas 2,5 triliun itu. Urbaningrum  Baca: Hari ini... HALAMAN 7

Alamat Redaksi: Jl. Tunjungan No. 86 Surabaya Telp: 031 - 5318686, 5323414 Email: red_beritametro@yahoo.co.id

Beritametro Surabaya

RABU, 27 JUNI 2012

PILPRES

MK Tutup Peluang Capres Independen JAKARTA, (BM) – Pemilihan Presiden 2014 dipastikan tidak bisa dimeriahkan calon independen. Ini menyusul putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak permohonan dibolehkannya peluang calon presiden dari jalur nonpartai. Pertimbangan MK mengacu pada putusan sebelumnya yang juga pernah menolak gugatan uji materi pasal 8 dan Pasal 13 ayat 1 UU 42/2008. “Menimbang norma yang termuat dalam pasal 8 dan Pasal 13 ayat 1 UU 42/2008 sudah pernah diputus MK dalam Putusan Nomor 56/PUU-VI/ 2008 tertanggal 17 Februari 2009,” jelas Ketua MK Mahfud di Gedung MK, Jakarta, Selasa (26/6). Untuk itu, MK menyatakan untuk menolak permohonan uji materi yang dilayangkan Tanwir (55), warga Tambun, Bekasi, Jawa Barat. “Mengadili, menyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima,” ujar Mahfud. Tanwir menguji UU No. 42/2008 tentang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden. Tanwir menilai pencalonan presiden dan wapres yang hanya bisa diajukan oleh partai politik saja telah merugikan hak konstitusional dirinya. Apa daya, kasus ini pernah diuji di MK pada 2009 lalu dan ditolak. Dalam permohonannya, Tanwir bersikukuh jika UU 42/2008 bertentangan dengan pasal 28D ayat 1 UUD 1945. Selain itu, UU Pilpres ini tidak satupun pasal/ayat yang memberi peluang bagi ratusan juta warga negara lebih khusus bagi pemohon guna memberi sumbangsih berupa pengabdian bagi negara. (dt/arw)

2

POLITIK

Nurhayati Ali Assegaf: Sebetulnya dari dulu fraksi Demokrat tak pernah menentang penetapan.

Dukung Keistimewaan Yogyakarta

BIROKRASI

Walikota Semarang Resmi Dinonaktifkan SEMARANG, (BM) – Kementerian Dalam Negeri akhirnya resmi menonaktifkan Walikota Semarang Soemarmo Hadi Saputro. Surat penonaktifan yang dilayangkan kepada Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo tersebut menyusul status politisi PDI Perjuangan tersebut sebagai terdakwa kasus suap. Gubernur Jateng, Bibit mengatakan surat perintah penonaktifan tersebut dikantonginya pada Selasa (26/6). “Surat sudah diterima, tadi pagi sudah saya taken. Isinya tadi baru lihat sepintas belum membaca betul. Tapi segera, ya, siang ini akan saya sampaikan ke pemerintah Kota Semarang,” ujarnya usai acara Rapat Koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah se-Jateng, kemarin. Tugas walikota akan dilimpahkan ke Wakil Walikota Hendar Prihadi. “Tugas, ya Pelaksana Harian (PLH), wakilnya,” kata Bibit. Adapun Hendar sendiri mengaku belum mengetahui kabar penonaktifan tersebut. Namun ia mengatakan siap mengemban tugastugas sebagai pemimpin di Pemkot Semarang. “Secara resmi saya belum menerima pemberitahuan dan pelimpahan tugas. Saya malah baru tahu ini dari media,” ujarnya. Surat kepada Kemendagri tersebut baru dapat dibuat setelah pihak pemprov mendapat salinan register penetapan Soemarmo sebagai terdakwa. Sementara, register perkara dari Pengadilan Tipikor Jakarta sempat mengalami perubahan status Wali Kota Semarang dari tersangka menjadi terdakwa. Oleh karena itu, menurut Sekda Pemprov Jateng, Hadi Prabowo, Pemprov baru menyampaikan surat kepada Kemendagri setelah mendapat register tersebut secara resmi. Padahal, pihak KPK telah lama mengirimkan permohonanpemberhentiansementaraSoemarmo kepada Gubernur Jateng melalui faximile. Namun pemprov bersikukuh untuk mengajukan surat setelah mendapat register resmi dari Pengadilan Tipikor. Wali Kota Semarang terjerat kasus korupsi APBD Kota Semarang tahun anggaran 2012. Dia didakwa memberikan gratifikasi kepada anggota DPRD Kota Semarang untuk kelancaran RAPBD 2012 tersebut. (rp/arw)

FOTO: BM/ANTARA

NONAKTIF: Terdakwa kasus suap pembahasan APBD Semarang tahun 2011-2012 Soemarmo HS dikawal petugas saat menuju ruang sidang Pengadilan Tipikor Jakarta.

Demokrat Belok Arah, Dorong Penetapan Gubernur Rancangan Undang-Undang Keistimewaan Yogyakarta cukup menyedot manuver politik partai penghuni Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Partai besar seperti Demokrat akhirnya berbelok arah mendukung penetapan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Hal ini langsung memancing kecurigaan rivalnya, Partai Golkar. JAKARTA, (BM) - Partai beringin menduga ada kepentingan politis dalam perubahan sikap Partai Demokrat. Boleh jadi, dukungan tersebut untuk mendongkrak citra PD di Yogyakarta yang belakangan luntur. Tergerusnya popularitas Demokrat ditandai dengan mundurnya adik Sri Sultan Hamengku Buwono X, Prabukusumo dari kursi Ketua Dewan Pimpinan Daerah PD Yogyakarta. Anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Golkar (F-PG), Nurul Arifin, mempertanyakan perubahan sikap F-PD tersebut. Nurul mencurigai ada keterkaitan dengan kepentingan Pemilu 2014 mendatang. "Penetapan itu hanya memuaskan sesaat. Di dalam politik apapun bisa terjadi,"

ujar Wakil Sekjen Golkar ini. Dituding bermuatan politis untuk mencitrakan partai, fungsionaris Demokrat berkelit. Fraksi Partai Demokrat menyangkal, ada motif politis di balik penolakan Gubernur DIY dipilih sesuai draf rancangan undang-undang (RUU) Keistimewaan DIY yang diajukan pemerintah. "Sebetulnya dari dulu fraksi Demokrat tak pernah menentang penetapan. Hanya substansinya yang belum dituangkan. Dan sekarang firmly (tegas) karena disuarakan," kata Ketua Fraksi Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf di gedung DPR, Senayan, Selasa (26/6). F-PD berharap agar RUU yang sudah dibahas dalam dua masa sidang itu segera rampung. "Dari dulu kami mendukung penetapan," imbuhnya. Hingga saat ini, poin pemilihan dan penetapan gubernur menjadi salah satu poin krusial yang belum disepakati dalam pembahasan produk legislasi ini. "Jadi sebenarnya kalau yang lain tanggapi ini politis itu biasa karena kita memang di lembaga politik," katanya. Nurhayati menjelaskan perubahan sikap tersebut disebutnya bukan berarti menentang kebijakan pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang merupakan ketua

Dewan Pembina PD. Perubahan itu terjadi karena masyarakat Yogyakarta menghendaki Gubernur DIY ditetapkan, bukan dipilih. Ia menuding, justru ada partai lain yang berupaya mempolitisir sikap politik fraksinya. Meski begitu, ia enggan mempersoalkan tudingan partai lain. "Kalau yang lain menanggapi sebagai politik itu biasa. Karena memang FPD kepanjangan tangan dari partai politik. Tapi kami tidak pernah menentang presiden," tuturnya. Sementara Komisi II DPR RI berencana mempercepat penuntasan RUUK Yogyakarta. Ketua Komisi II DPR RI, Agun Gunanjar Sudarsa menargetkan pembahasan harus tuntas sebelum masa reses. "Untuk percepatan pembahasan RUUK Yogyakarta, intensitas pembahasannya akan ditingkatkan," katanya, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta. Keputusan lainnya pada rapat internal Komisi II, Agun menjelaskan akan menugaskan tim-tim kecil untuk pertemu dengan perwakilan dari pemerintah, antara lain Menteri Dalam Negeri dan Menteri Sekretaris Negara, kemudian bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. "Tim kecil ini bertugas melakukan lobi dalam penyelesaian pembahasan RUUK Yogyakarta," katanya. (*/arw)

Popularitas Partai Islam Tergerus Akibat Krisis Identitas-Ideologi JAKARTA, (BM) - Merosotnya popularitas partai berbasis massa Islam kembali menuai sorotan. Partai islam diprediksi akan kehilanganbanyak suara di Pemilu 2014. Hal ini akibat lunturnya kepercayaan masyarakat terhadap ideologi partai islam. Masyarakat melihat, parpol yang cenderung agamis seperti Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tengah mengalami krisis identitas dan kepemimpinan. Padahal, ekspektasi rakyat terhadap partai islam ini cukup tinggi untuk

mengaspirasikan ideologi dan suara yang mengedepankan moral. Dalam survei yang dilakukan pada 10-20 Juni 2012 di 33 provinsi itu, Lembaga Survei Nasional (LSN) menemukan total persentase empat partai Islam terbesar (PAN, PPP, PAN, dan PKS) hanya sebesar 15,7% atau jauh di bawah total perolehan suara mereka dalam Pemilu 2009 sebesar 29,14%. Sementara partai nasional lain seperti Golkar mendapatkan 20,1%, PDIP (14,0%), Partai Demokrat (10,5%), dan Partai Nasdem sebesar 4,8%. Adapun, total sampel yang digunakan sebanyak 1.230 responden dengan margin of error sebesar 2,8% serta tingkat kepercayaan sebesar 95%. "Yang paling utama yaitu tidak adanya capres dari partai tersebut yang menjadi idola publik,"

FOTO: BM/DOK

Arya Bima

kata Direktur Eksekutif LSN Umar S. Bakry dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (26/6). Menurutnya, partai berbasis Islam saat ini kurang jelas dalam orientasi politiknya. Pernyataan mereka yang ingin menjadi partai terbuka justru

mengakibatkan parpol-parpol ini ditinggalkan. "Kalau menjadi partai terbuka, pemilih lebih baik melihat Golkar, PDIP, Demokrat, atau Nasdem. Kalau orang-orang radikal lebih baik memilih ormas Islam seperti FPI," ujarnya. Umar menjelaskan, survei yang dilakukannya juga mengungkap tokoh dan pimpinan dari partai Islam tidak terlalu menjadi pilihan publik. Umumnya tingkat elektabilitas mereka di bawah 5%. "Bahkan Hidayat Nurwahid yang sempat menjadi tokoh idola pemilih Islam pun kini mulai ditinggalkan dimana tingkat elektabilitasnya hanya 4,6%. Tokoh lain seperti Hatta Rajasa, Yusril Ihza Mahendra, Muhaimin Iskandar, Suryadharma Ali, dan lainnya sangat minim dukungan," ungkapnya.

Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Bima Arya mengakui merosotnya popularitas dan dukungan masyarakat kepada partai berbasis islam. Ia menilai, ada dua hal yang menyebabkan rendahnya tingkat elektabilitas partai berbasis massa Islam, yaitu ketiadaan tokoh atau figur dan program atau kinerja. "Sepak terjang partai islam tidak banyak diketahui publik," katanya di Jakarta, Selasa (26/6). Untuk kedua hal ini, beberapa partai nasionalis seperti Golkar, Gerindra, dan bahkan Nasdem sudah menjalankannya. Karena itu, ungkap Bima, partai berbasis massa Islam ini harus meningkatkan kinerjanya dalam mengoptimalkan kedua hal itu. "Jika tidak, bisa-bisa di Pemilu mendatang ditinggalkan publik," jelasnya. (mol/arw)

Kembalinya Anggito Abimanyu Setelah Dikecewakan Presiden SBY

Dipercaya Jabat Dirjen Haji JAKARTA, (BM) – Setelah lama tiarap sejak gagal menjadi Wakil Menteri Keuangan, Anggito Abimanyu secara mengejutkan dilantik menjadi Direktorat Jenderal Haji dan Umroh Kementerian Agama. Pelantikan ini mengejutkan karena selama 2 tahun belakangan, mantan Kepala Badan Kebijakan Fiskal ini menyingkir dari urusan pemerintahan dan memilih kembali menjadi dosen di Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Adalah Menteri Agama Suryadharma Ali yang turun tangan sendiri membujuk

Abimanyu agar mau kembali berkiprah di birokrasi pemerintahan. Anggito mengakui jika dirinya ‘dilamar’ Suryadharma melalui telepon. “Kami memang sudah ketemu dan mengenal cukup lama. Suatu waktu beliau (Menag) minta saya untuk menyampaikan pikiran-pikiran mengenai pengelolaan-pengelolaan keuangan bagaimana untuk mengaitkan antara bagaimana sistem informasi di jamaah dengan sistem penggunaan dana yang ada,” ujar Anggito usai dilantik di auditorium Kemenag, Jl MH Thamrin, Ja-

karta Pusat, Selasa (26/6). Anggito menyebut pertemuan dengan Menag pada Januari atau Februari 2012 lalu. Saat itu, Anggito dan Suryadharma berbicara tentang arus keuangan dan arus jamaah haji. “Ini kan harus ada kecermatan, pengetahuan mengenai bagaimana mencocokan antara arus jamaah dengan arus dan keuangan supaya penggunaan dananya itu efektif dan efisien. Akhirnya, beliau telepon saya, kamu saja yang jadi,” ucap Anggito. Anggito Abimanyu bisa disebut sebagai salah satu korban dari ketidakpastian Presiden Su-

silo Bambang Yudhoyono. Sempat dicalonkan sebagai Wakil Menteri Keuangan, bahkan menandatangani pakta integritas, ekonom Universitas Gadjah Mada ini ternyata urung dilantik jadi Wakil Menteri Keuangan. “Saya menunggu, setelah enam bulan tidak ada kelanjutannya, ya, lebih baik saya kembali ke Universitas Gadjah Mada,” ujarnya saat mengundurkan diri Mei 2010 silam. Apa alasan Suryadharma mempercayakan jabatan pengganti Slamet Riyanto itu kepada Abimanyo? “Karena Anggito Abimanyu yang kita kenal me-

miliki kemampuan yang mumpuni di dalam pengelolaan keuangan, memiliki integritas yang tinggi. Oleh karenanya, saya menemukan orang yang tepat jadi Dirjen Haji,” kata Suryadharma, Selasa (26/6). Menurutnya, ekonom yang hobi bermain bola basket itu adalah sosok yang tepat dari sisi kemampuan dan integritasnya untuk memimpin Dirjen Haji dan Umroh. Dia berharap, setelah dipimpin Anggito, pengelolaan haji ke depan bisa lebih baik lagi. “Dan bisa lebih memberikan keuntungan jemaah haji secara keseluruhan,” terangnya.

FOTO: BM/ANTARA

DIRJEN HAJI BARU: Mantan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu Anggito Abimanyu (dua kiri) saat dilantik menjadi Dirjen Haji dan Umroh Kemenag di kantor Kemenag jakarta, Selasa (26/6).

Suryadharma memastikan keputusannya memberikan jabatan strategis dan ‘basah’ di Kemenag itu kepada Anggito ti-

dak akan menimbulkan iri hati pejabat karir di kementeriannya. “Nggak itu, yang lain bisa menerima,” tegasnya. (dt/arw)

RABU, 27 JUNI 2012

3

KEADILAN

I Kadek Wiradana: Eksepsi keberatan terdakwa adalah curahan hati. masih perlu dibuktikan.

Eksepsi Wa Ode Hanya Curhat Terdakwa Sebut Nando Tutupi Kode K untuk Pimpinan DPR Jaksa penuntut umum (JPU) menolak eksepsi (nota keberatan) yang dibacakan terdakwa kasus suap Dana Penyesuaian Infrastruktur Daerah (DPID) Wa Ode Nurhayati. Jaksa menyebut, mantan Anggota Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat tersebut hanya mendasarkan eksepsinya pada curahan hati dan masih perlu dibuktikan di persidangan. JAKARTA, (BM)– JPU mengatakan, eksepsi terdakwa tidak sesuai dengan pasal 156 KUHAP yang mengatur tentang pokokpokok keberatan atau eksepsi. Sebaliknya, jaksa memandang, atau eksepsi yang diajukan Wa Ode telah memasuki materi pokok perkara. “Eksepsi keberatan terdakwa setebal 2 halaman, sebagian besar

adalah curahan hati terdakwa. di mana itu masih perlu dibuktikan dalam persidangan,” kata Jaksa I Kadek Wiradana saat membacakan tanggapan atas eksepsi Wa Ode dalam sidang di Pengadilan Tipikor, Selasa (26/6). Dalam eksepsinya yang dibacakan, Selasa (19/6) lalu, Wa Ode mengungkapkan jika uang yang diperolehnya Rp 50 miliar, diperoleh dari hasil bisnis keluarganya. Politisi Partai Amanat Nasional juga menyebut jika dirinya telah dijadikan korban konspirasi dan dirinya merupakan korban politik para mafia anggaran di Gedung DPR RI. Selain itu, pengacara Wa Ode menuding dakwaan jaksa terkait data rekening telah menya-

lahi prosedur. Namun tudingan ini disangkal JPU dalam tanggapannya kemarin. Menurut Jaksa Guntur Ferry Fahtar, eksepsi penasihat hukum terdakwa tersebut tidaklah benar. Ia mengatakan, pada proses penyidikan di KPK, terdakwa Wa Ode telah ditanyakan perihal data rekening koran miliknya. Namun, terdakwa Wa Ode tak menjelaskan siapa nama-nama yang tertera di dalam transaksi tersebut dan dalam kaitan apa transaksi itu dilakukan. “Bahkan sebagian nama yang dijelaskan oleh terdakwa terkait transaksi tersebut telah diperiksa sebagai saksi dalam proses pe-

nyidikan. Karenanya, tanggapan kami keberatan atau eksepsi terdakwa tidak dapat diterima dan harus ditolak,” ujar Guntur di persidangan. Seperti diberitakan, pada surat dakwaannya, tim jaksa KPK menyebutkan, dalam kurun waktu Oktober 2010 sampai September 2011, Wa Ode melakukan beberapa kali transaksi uang masuk ke rekening Bank Mandiri KCP DPR RI yang seluruhnya berjumlah Rp 50,5 miliar. Uang tersebut patut diduga sebagai hasil tindak pidana korupsi berkaitan dengan pelaksanaan tugas dan wewenang Wa Ode selaku anggota Komisi VII DPR dan anggota Banggar DPR. Pasalnya, Wa Ode secara formal tidak memiliki penghasilan lain di luar gaji, tunjangan, dan honorarium sebagai anggota DPR. Menurut jaksa, sejak dilantik sebagai anggota DPR pada Oktober 2009 sampai September 2011, penghasilan Wa Ode sebagai anggota DPR yang masuk ke rekening Bank Mandirinya Rp 1,6 miliar. Sementara simpanan di rekening lainnya berjumlah Rp 500 juta. Adapun Wa Ode tetap berpendirian bahwa uang suap Rp 300 miliar dan Rp 250 miliar yang dibungkus kode K dokumen adalah

untuk pimpinan DPR. Sedangkan kode P merupakan jatah untuk pimpinan Banggar. Menurutnya, data itu diperolehnya sendiri dari Kepala Subbagian Rapat Sekretariat Badan Anggaran DPR, Nando. Wa Ode mengakui bahwa Nando sempat berupaya menutupi keterlibatan para pimpinan DPR pada proyek alokasi pembangunan daerah yang menelan dana Rp 7,7 triliun. “Saudara Nando terlihat menutupi kode K. Dikatakan (Nando) kode K itu sebagai koordinator,” ungkap Wa Ode usai menjalani persidangan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, kemarin. Wa Ode menyatakan, koordinator yang dimaksud Nando adalah merujuk pada kode anggota Banggar RI. “Di fakta persidangan saya bisa memastikan kode K itu adalah ketua-ketua DPR. Itu akan saya buka,” kata Wa Ode. Indikator kode K, sambung Wa ode dapat diduga sebagai calon penerima yakni para pimpinan DPR. Hal itu terlihat pada jatah yang lebih besar dari orang-orang berkode P. “Logika sederhananya jatah koordinator itu (harus) dibawah P. Kalau di atas P itu berarti ketua. Sederhana, tapi gampang dibuktikan di fakta persidangan,” ungkap Wa Ode. (*/arw)

TIPIKOR

KPK Tangkap Pelaku Percobaan Suap JAKARTA, (BM)– Ternyata masih ada saja pejabat yang nekat mencoba melakukan penyuapan terhadap petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tindakan tak terpuji ini dilakukan Manajer Perkebunan Hardaya Inti Plantations, Anshori. Tak mau kompromi, komisi yang dinakhodai Abraham Samad tersebut langsung meringkus pelaku. Percobaan suap tersebut dilakukan saat petugas KPK berada di Vila Asahan, Leok, Ibu kota Kabupaten Buol. Kedatangan petugas KPK di sana untuk menyelidiki dugaan korupsi APBD Buol yang menyeret Amaran Razak. Diduga motif suap FOTO:BM/DOK itu untuk menghentiAmran Batalipu kan penyelidikan terhadap Razak. Yang mengejutkan, Vila yang didatangi petugas KPK dan menjadi lokasi percobaan penyuapan tersebut diketahui milik Bupati Buol, Amran Batalipu. Bupati Buol ini bahkan dikabarkan nyaris ikut ditangkap karena ikut berada di vila miliknya. Namun, belum bisa dipastikan nilai dan motif suap yang akan diberikan. Juru Bicara KPK, Johan Budi Sapto Prabowo yang dihubungi Selasa (26/6), membenarkan jika KPK menangkap tangan pengusaha di Kabupaten Buol. “Benar, seorang pengusaha,” tandas Johan tanpa memberi keterangan terperinci. (ant/arw)

KORUPSI PAJAK

FOTO:BM/DOK

Cirus Sinaga

Eksekusi Cirus Tunggu Berkas Putusan MA

EKSEPSI WA ODE DITOLAK; Tersangka suap alokasi Dana Penyesuaian Infrasktruktur Daerah, Wa Ode Nurhayati menjalani sidang dengan agenda tanggapan Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Selasa (26/6).

FOTO:BM/ANTARA

Suap PON Riau

Pejabat Adhi Karya Kembali Diperiksa JAKARTA, (BM)– Perusahaan milik negara, PT Adhi Karya terseret banyak skandal dugaan korupsi. Setelah disebut sebagai pihak paling bertanggungjawab atas robohnya bangunan di kompleks pusat sarana olahraga Hambalang, kontraktor raksasa itu kembali terbelit kasus suap pembahasan Perda 6/2010 terkait penyelenggaraan PON ke-18 di Riau. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa salah seorang petinggi Adhi Karya, Adji Satmoko, Selasa (26/6). Adji Satmoko menjabat Kepala Divisi Konstruksi III PT Adhi Karya. Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha mengatakan, pemeriksaan Adji untuk mendalami dugaan uang suap kepada sejumlah Anggota DPRD Riau itu disponsori PT Adhi Karya. “Adji masih diperiksa sebagai saksi untuk kasus PON Riau,” katanya, di Kantor KPK, kemarin. Senin (25/6) lalu, KPK juga memeriksa karyawan PT Adhi Karya, yaitu Hafiz Bambang Pamungkas dari Departemen Akuntasi M. Arief Taufiqurahman dari Divisi Konstruksi I dan Anis Anjani dari Departemen Finansial. Selain Adji, Priharsa mengatakan, KPK juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap dua petinggi PT Pembangun Perumahan (PP). Mereka adalah Taufik Hidayat yang menjabat Kepala Divisi SDM PT PP (persero) dan Nugroho Agung Sanyoto Kepala Cabang IX PT PP (Persero). Dalam kasus ini, KPK sudah menetapkan empat orang tersangka kasus dugaan suap pembahasan Perda Pelaksanaan PON 2012 Provinsi Riau. Keempat orang tersebut adalah M. FOTO:BM/DOK Faisal Aswan dan Muhammad Dunir Johan Budi merupakan dua anggota DPRD Riau. Sedangkan, Eka Dharma Putra adalah Kepala Seksi Pengembangan Sarana Prasarana Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau. Kemudian Rahmat Syaputra diketahui adalah karyawan PT Pembangunan Perumahan (PP) Persero. Mereka diduga telah melakukan tindak pidana korupsi berupa menerima hadiah berkaitan dengan perubahan hadiah terkait perubahan Peraturan Daerah 6/2010 tentang Dana Pengikatan tahun jamak pembangunan venue PON. Faisal dan Dunir disangkakan Pasal 12 huruf a atau b dan atau Pasal 5 ayat (2) jo. Pasal 5 ayat (1) huruf a atau b dan atau pasal 13 UU 31/1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. Sementara Eka disangkakan melanggar Pasal 5 Ayat (1) huruf a atau b dan atau pasal 13 UU 31/1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi dan Rahmat disangkakan Pasal 5 ayat (1) huruf a atau b atau pasal 11 UU 31/1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. Dalam peristiwa penangkapan itu, KPK menyita barang bukti berupa uang senilai Rp900 juta. Uang tersebut terbagi dalam tiga tempat berbeda. Pertama, Rp 500 juta di tas warna hitam, Rp 250 juta di tas kertas coklat dan Rp 150 juta lainnya di tas plastik hijau. (bs/arw)

Polisi Kesulitan Ungkap Identitas Triomacan2000 Datangi Mabes Polri, Fajriska Klarifikasi Laporan Marwan JAKARTA, (BM) – Markas Besar Polri mengaku kesulitan melacak pemilik akun @Triomacan2000 yang dilaporkan Jaksa Agung Muda Pengawas (Jamwas) Marwan Effendy atas tuduhan pencemaran nama baik dan melangar UU ITE. Namun secara mengejutkan, M Fajriska Mirza alias Boy yang disebut-sebut pemilik akun triomacan2000 mendatangi Mabes Polri, Selasa (26/6). Meski Boy mengaku kedatangannya adalah inisiatif sendiri untuk memastikan apakah laporan Marwan juga menyebut namanya. Kepala Penerangan Umum (Kabagpenum) Mabes Polri Kombes Pol Boy Rafli Amar memastikan, pihaknya belum mengetahui siapa pemilik akun twitter@Triomacan2000. “Masih diproses jadi sabar, karena ini dugaan masalah IT. Jadi belum ada pemanggilan terhadap pemilik akun itu tentu proses penyelidikan melalui IT akan terus dilakukan,” kata Kombes Pol Boy di Mabes Polri, Selasa (26/6). Kombes Pol Boy juga mengaku tidak mengetahui informasi mengenai kedatangan @Triomacan2000 ke Bareskrim Mabes Polri. “Saya tidak tahu itu informasinya, yah bisa saja itu kicauannya di twitter, kan tidak pasti juga,” ucapnya. Sementara Fajriska alias Boy mengklarifikasi kedatangannya ke Mabes Polri hanya untuk memastikan apakah laporan Marwan juga mencatut namanya. Boy yang berprofesi sebagai pengacara itu juga menegaskan, dirinya tidak akan memenuhi panggilan kepolisian jika tidak mencantumkan persetujuan Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi). Lagipula hingga saat ini ia belum mendapatkan surat pang-

Marwan Effendy

Boy Rafli Amar

gilan pemeriksaan dari penyidik Bareskrim Polri. “Lebih cepat dipanggil saya lebih suka karena saya akan beberkan kepada seluruh media bagaimana modus ME membobol BRI, fantastis dan mengerikan. Tidak perlu harus sarjana hukum untuk mengerti bagaimana modus dia berkedok menyidik pembobol bank, cukup anak SMA baru tamat saja paham apa yang terjadi,” tegasnya, Selasa (26/6). Boy juga menanggapi sangkalan Marwan soal nilai barang bukti uang yang diduga digelapkan mantan Asisten Khusus Pidana (Aspidsus) Kejati DKI Jakarta tersebut. Saat penanganan kasus korupsi BRI pada 2003, Marwan menyebut saldo dalam rekening Hartono yang menjadi klien Boy hanya sebesar Rp 104 miliar Boy menampik hal itu. Menurutnya, total uang yang digelapkan Marwan sebesar Rp 500 miliar. “Uang negara yang digelapkan kan ada Rp 180,5 miliar plus uang klien saya (Hartono), Rp 200 miliar sejak 2004. Jadi kalau ditambah bunganya ya sekitar Rp 500 miliar,” tandasnya. Boy memaparkan Marwan Effendy telah melakukan penyidikan sebelum Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP)

dalam kasus korupsi BRI dikeluarkan pada 2 Desember 2003. Marwan, imbuhnya, telah mengetahui adanya aliran dana sebesar Rp 170,5 miliar dari BRI ke rekening Hartono. Rekening ini sudah diblokir semua, lanjutnya, tapi anehnya data aliran dana itu tidak ada dalam berkas perkara kasus korupsi BRI. Padahal, surat Pusat Pelaporan Analisa dan Transaksi Keuangan (PPATK) pada 14 November 2005 menyebutkan aliran dana mencurigakan sebesar Rp 170,5 miliar ke rekening Hartono. Masalahnya, kata Boy, dalam rekening itu, juga terdapat uang pribadi Hartono sebesar Rp 200 miliar yang juga ikut diblokir. Dengan jumlah total sebesar Rp 370,5 miliar dan bunga sebesar 10 persen tiap tahun, plus masa blokir hingga delapan tahun, jumlah dana bisa mencapai lebih dari Rp 600 miliar. “Semuanya tiba-tiba lenyap? Bisakah dia menjelaskan kemana uang sebanyak itu yang dia sudah blokir? Ini semua dokumen yang bicara, bukan asal jeplak. Apalagi, ME (Marwan Effendy) tidak membantah dia korupsi. Dia hanya bantah tidak sampai Rp 500 miliar,” ujarnya.(rp/arw)

JAKARTA, (BM)– Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan (Kejari Jaksel) segera mengeksekusi Cirus Sinaga, terpidana kasus menghalangi proses hukum –penyidikan hingga penuntutan- kasus korupsi pajak. Kejari Jaksel akan melimpahkan Cirus ke Kejaksaan Agung setelah mengantongi berkas putusan dari Mahkamah Agung. Hakim ad hoc MA tetap menghukum Cirus selama 5 tahun penjara. Mantan Asisten Pidana Khusus Kejati Jawa Tengah tersebut akan menjalani eksekusi oleh Kejagung. “Petikan putusannya belum diterima. Kalau sudah ada pemberitahuan resmi kita akan laksanakan, mau petikan atau apa yang penting resmi dari panitera pengadilan,” kata Kepala Kejari Jaksel, Masyudhi ketika dihubungi, Selasa (26/6). Menurutnya, setelah menerima putusan kasasi Cirus, pihaknya akan melakukan eksekusi terhadap mantan jaksa Gayus Tambunan. “Tentunya kalau sudah dapat putusan resmi kami laksanakan eksekusi,” ucapnya. Masyudhi mengatakan, apabila sudah diserahkan petikan putusan dan Cirus telah terbukti melakukan pelanggaran, maka Kejaksaan Agung segera melakukan pemecatan terhadap Cirus. “Iya, nanti kami informasikan ke Kejagung kalau sudah dapat pemberitahuan resmi itu,” ucapnya. Majelis Hakim Mahkamah Agung (MA) secara bulat menolak permohonan kasasi terdakwa Cirus Sinaga. Dengan adanya penolakan ini, hukuman yang dijatuhnya kepada terdakwa kini sudah berkekuatan pasti dan tetap. Cirus harus tetap mendekam di penjara selama lima tahun ditambah denda Rp 150 juta subsider 3 bulan kurungan sesuai putusan judex factie. Terdakwa Cirus, terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana merintangi secara tidak langsung penyidikan, penuntutan dan pemeriksaan di sidang pengadilan dalam perkara korupsi pajak Gayus Tambunan. Perbuatan dilakukan dengan sengaja melakukan rekayasa dakwaan dalam perkara korupsi pajak, Gayus Tambunan, berdasarkan Pasal 372 KUHP dan bukan pasal-pasal tindak pidana korupsi. (in/arw)

FOTO:BM/ANTARA

SIDANG KASUS PENGGELAPAN Terdakwa kasus pengelapan, Leona Kanginnadhi dalam kondisi terbaring di atas tempat tidur rumah sakit saat dihadirkan pada persidangan pertamanya, di Pengadilan Negeri Denpasar, Selasa (26/6). Leona Kanginnadhi menjadi terdakwa atas kasus penggelapan jual beli tanah seluas 7.200 meter persegi senilai miliaran rupiah di kawasan Nusa Dua dari seorang pengusaha asal Jakarta.

TAJUK

Gedung Gotong Royong KPK KESERIUSAN politisi di Senayan mendukung pemberantasan korupsi patut dipertanyakan. Program pembangunan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih terganjal di DPR. Belum adanya lampu hijau dari legislatif, menjadi keprihatinan banyak pihak. Ketika Asosiasi Pedagang Kali Lima, Menteri BUMN Dahlan Iskan, dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Machfud MD. bersedia menyumbang, bisa menggugah semangat kebangsaan yang menghilang dari sanubari oknum pejabat di negeri ini. Permainan politik dan opini ikut menyertai rencana pembangunan gedung KPK yang dirancang di atas tanah seluas 27.000 meter persegi dengan alokasi anggaran sebesar Rp 70 miliar. Priyo Budi Santoso, Wakil Ketua DPR ini menyetujui pembangunan gedung KPK dengan embelembel, renovasi gedung DPR ikut diloloskan. Anas Urbaningrum, Ketua Umum Partai Demokrat yang disebut-sebut terkait skandal proyek Sport Centre Hambalang, menyatakan dukungan pembangunan gedung lembaga super bodi dan semua fasilitasnya. Bukan hanya KPK, Anas mengharap pemenuhan fasilitas juga diberikan lembaga kepolisian, kejaksaan dan Mahkamah Agung. Bila benar, DPR sengaja menganjal eksitensi KPK tentu memunculkan persepsi negatif terhadap kiprah para politisi yang sekarang mulai menjamur sebagai agen proyek, makelar anggaran dan tersangkut kasus korupsi serta suap. Padahal, Kementerian PU merekomendasi luas gedung baru KPK dengan nilai Rp 70 miliar. Ada beberapa alasan, mengapa DPR masih ragu menyetujui gedung KPK dibangun. Pertama, dengan kondisi saat ini, KPK mulai berani menerobos ‘kedigdayaan’ oknum dewan, tentu menimbulkan kekhawatiran kebiasaan kompromi legislatif yang melanggar hukum terendus dan menjadi bumerang di kemudian hari. Kedua, peranan KPK yang begitu lugas dan transparan mengajak semua komponen masyarakat, termasuk Pusat Pelaporan Analisa dan Transaksi Keuangan (PPATK) menjadi momok menakutkan, karena sirkulasi keuangan akan terbaca dan terdeteksi dini. Semua bisa menduga, kalau sepak terjang KPK membuat ciut nyali legislator. Ketiga, kalkulasi politik bisa mempertahankan kursi di gedung senayan tentu bukan sekadar menjadi politisi berakhlak, lihai menghitung anggaran, namun ada dana miliran bahkan puluhan miliar siap digelontor ke konstituen agar bisa langgeng. Terlepas dari polemik penundaan persetujuan pembangunan gedung KPK, kami malah condong menggalang kekuatan massa untuk mewujudkan gedung KPK tanpa campur tangan anggaran pemerintah. Seharusnya kita malu, Malaysia yang belajar pemberantasan korupsi ke Indonesia telah membangun gedung megah bertingkat 20 dan mempekerjakan sekitar 5000 orang sebagai tenaga pembabat koruptor. Hemat kami, bagaimana terus mendorong gerbong KPK tetap meluncur di rel kepekaan dan kebenaran. Masih berjibunnya kasus korupsi di tanah air, tentu tidak bisa membiarkan lembaga KPK terlunta-lunta. Apalagi, institusi kepolisian dan kejaksaan sebagai penyidik tindak pidana korupsi belum bisa diharap terlalu besar. Jadikan gedung KPK awal gotong royong rakyat memberangus koruptor dari bumi pertiwi. (*)

RABU, 27 JUNI 2012

4

OPINI

Nur Rokhim: Seringnya terjadi kekerasan atas nama agama, pertanda bahwa jati diri bangsa kian terkikis.

Lunturnya Jati Diri Bangsa Maraknya kasus kekerasan atas nama agama yang terjadi di Indonesia, akhir-akhir ini cukup meresahkan dan mengkhawatirkan banyak kalangan. Aksi-aksi kekerasan atas nama agama di sejumlah daerah tersebut, tak pelak, cukup mendapat perhatian dari dunia Internasional. OLEH: NUR ROKHIM *

B

ARU-BARU ini, dalam sidang Universal Periodic Review (UPR) Dewan HAM PBB di Jenewa, Swiss, yang diikuti oleh 74 negara termasuk Indonesia, sebanyak 25 negara mencecar Indonesia dengan berbagai pertanyaan seputar permasalahan kebebasan beragama yang ada di Indonesia. Hal tersebut tentu merupakan tamparan keras bagi Pemerintah Indonesia. Esensi dasar negara Pancasila dan semboyan Bhineka Tunggal Ika yang diusung bangsa ini pun dipertanyakan. Sudah lunturkan kesaktian Pancasila menghadapi keanekaragaman di negeri ini? Kekerasan yang kerap terjadi di Indonesia akhir-akhir ini jelas bertentangan dengan Pancasila. Pancasila merupakan dasar negara yang dicetuskan oleh Ir Soekarno, 1 Juni 1945 dalam sidang BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia). Pancasila terdiri dua kata yang berasal dari bahasa Sanskerta, Panca dan Sila. 'Panca' berarti lima dan 'Sila'

memiliki makna prinsip atau asas. Jadi, Pancasila secara keseluruhan dapat diartikan sebagai lima prinsip dasar hidup berbangsa dan bernegara bagi bangsa Indonesia. Kelima prinsip tersebut ialah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Kelima sila tersebut masing-masing mengajarkan tentang pentingnya menghormati sebuah perbedaan dan keanekaragaman, demi persatuan dan bangsa Indonesia. Sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa, mengajarkan untuk saling menghormati antar pemeluk agama dan memberikan kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya. Sila kedua, kemanusiaan yang adil dan beradab, mengajarkan untuk menumbuhkan sikap saling tenggang rasa dan mengakui persamaan derajat, persamaan hak dan persamaan kewajiban

antar sesama manusia. Sila ketiga, persatuan Indonesia, mengajarkan untuk mengesampingkan kepentingan kelompok, golongan, ras, suku, agama demi menjaga kesatuan dan persatuan Indonesia. Sila keempat, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan, mengajarkan untuk tidak memaksakan kehendak orang lain dan mengutamakan musyawarah demi kepentingan bersama. Terakhir, sila kelima, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, mengajarkan untuk menghormati hak-hak orang lain dan mengembangkan perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan bergotong-royong. Seringnya terjadi kekerasan atas nama agama merupakan suatu pertanda bahwa jati diri bangsa yang termaktub dalam Pancasila kian terkikis. Pancasila yang dulu dicetuskan oleh Bung Karno demi menyatukan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang bersatu kian diabaikan. Nilai-nilai luhur Pancasila sudah mulai ditinggalkan oleh bangsa Indonesia. Padahal, jelas bahwa Pancasila-lah yang dulu berhasil menyatukan seluruh komponen bangsa, baik suku, golongan, ras, dan agama menjadi sebuah bangsa yang bersatu dalam naungan NKRI. Semboyan Bhinneka Tunggal

Ika yang bermakna berbeda-beda tetapi tetap satu jua, kini hanya menjadi sebuah jargon yang terpampang manis di kaki Burung Garuda Pancasila. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa semboyan tersebut seolah tak berpengaruh apa-apa. Banyaknya golongan yang memaksakan kehendak ataupun pendapatnya terhadap golongan lain menjadi bukti konkret yang tak terbantahkan. Dan, patut digarisbawahi, pemaksaan tersebut ujung-ujungnya akan berakhir pada kekerasan yang merugikan semua pihak. Banyak faktor yang menyebabkan nilai-nilai adiluhung Pancasila sebagai jati diri bangsa mulai ditinggalkan. Pertama, masih kurangnya pengajaran-pengajaran tentang nilainilai Pancasila di sekolah-sekolah. Apalagi, sejak dihapusnya mata pelajaran PPKN (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) dan diubah menjadi PKN (Pendidikan Kewarganegaraan) saja. Kedua, semakin agresifnya kelompok-kelompok ideologi garis keras mempengaruhi pikiran-pikiran bangsa Indonesia, terutama para pemudanya. Masih segar dalam ingatan, tentang pemberitaan di media massa terkait maraknya pencucian otak yang dilakukan oleh kelompok NII yang menginginkan NKRI menjadi Negara Is-

lam. Ketiga, masuknya kebudayaan asing yang jauh dari nilai-nilai Pancasila dengan cepat, akibat globalisasi. Anehnya, para pemuda sebagai generasi bangsa ini lebih tertarik kepada kebudayaan asing dari pada kebudayaannya sendiri. Untuk mencegah terjadinya kembali kekerasan di Indonesia apalagi yang berkedok atas nama agama - perlu adanya pengajaran kembali nilai-nilai luhur Pancasila kepada para pemuda, sebagai penerus bangsa. Ini penting agar nantinya para pemuda paham dan mengerti bahwa NKRI bukan hanya milik perorangan, atau satu golongan saja. NKRI terdiri dari berbagai macam suku bangsa, ras, budaya, golongan dan agama. Seperti apa yang dikatakan Gus Dur, tanpa keanekaragaman, NKRI tidak mungkin ada. NKRI adalah harga mati yang tidak bisa ditawar lagi. Pengaj-aran tentang nilai-nilai Pancasila harus dilaksanakan dengan segera. Jika tidak ingin negeri ini dicap sebagai negara yang tidak mempunyai rasa toleran yang tinggi. Terutama toleransi dalam hal agama. Padahal, negara ini mempunyai dasar negara Pancasila dan semboyan Bhineka Tunggal Ika yang sangat menghargai adanya keanekaragaman dan perbedaan. *Peneliti di Garawiksa Institut.

KELAHIRAN BADAK SUMATERA Sejumlah Pewarta Foto mengabadikan pemutaran video kelahiran Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) saat konferensi pers kelahiran hewan yang terancam punah tersebut di Kementerian Kehutanan, Jakarta, Senin (25/6).

ASPIRASI

Ironi Komoditas Gas HEBOH soal harga gas untuk industri belakangan ini mempertegas kenyataan bahwa pengelolaan sumber daya alam masih amburadul dan penuh ironi. Amburadul, karena tindak pengelolaan itu miskin visi dan tidak berorientasi jauh ke depan. Juga penuh ironi karena pengelolaan sumber daya alam itu seperti mengabaikan kepentingan nasional. Karena itu, sumber daya gas sungguh tidak menjadi berkah bagi kehidupan rakyat. Karena telanjur diobral kepada pembeli di mancanegara, komoditas gas menjadi barang yang sulit bisa dinikmati rakyat banyak secara mudah dan murah. Kepemilikan kita atas sumber daya alam gas tidak menjadi faktor yang membawa kemakmuran bagi rakyat banyak. Lebih menyesakkan lagi, harga jual gas kita kepada pembeli di mancanegara itu - sesuai kontrak - sungguh kelewat murah dibanding harga rata-rata di pasar global sekarang ini. Persisnya harga jual itu hanya 30 dolar AS per MMBTU, sementara harga di pasar global mencapai dua kali lipatnya. Walhasil, penjualan gas kita ini laiknya barang obralan saja. Kontrak penjualan gas kepada pembeli di mancanegara, yang dibuat pemerintahan kita di masa lalu, memang harus dihormati. Tapi itu bukan berarti tak relevan dinegosiasi ulang sekarang ini. Bukan cuma karena harga jual yang disepakati kelewat murah, melainkan terutama karena kontrak itu melupakan riak-riak ekonomi-politik global sebagai faktor yang berpengaruh. Jadi, negosiasi ulang kontrak penjualan gas sungguh relevan dan urgen dilakukan pemerintah. Sebaliknya, tanpa negosiasi ulang, kita akan terus menjadi ayam yang kelaparan di lumbung padi. Fawaid Hidayatullah Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang

Diterbitkan oleh: PT. Berita Metro Jl Tunjungan No 86 Surabaya. www.kabarmetro.com

FOTO: BM/ANTARA

Suara Anda BRI Syariah Mengecewakan SAYA mengajukan KPR BRI Syariah di Cabang Pondok Indah pada pertengahan Mei 2012 dan mereka memberikan saya tabel angsuran KPR dengan margin 11% untuk KPR 10 Tahun. Mereka menjanjikan proses maks. 14 hari kerja. Namun setelah sebulan lebih saya baru mendapat persetujuan KPR, mereka menginformasikan bahwa saya di setujui KPR 10 Tahun dan memakai Margin Promo. Sedangkan teman saya yang mengajukan di Mandiri Syariah tidak sampai 2 minggu sudah akad kredit. Betapa kagetnya saya ketika diinfokan margin yang dipakai adalah 12% bukan 11% dan tidak sesuai tabel angsuran yang mereka berikan (11%). Padahal marketingnya menginfokan bahwa saya disetujui menggunakan margin promo. Saya masih menyimpan SMS dari marketing dan tabel angsuran yang diberikan bulan Mei. Saya mohon kepada Bank BRI Syariah untuk diberikan margin promo sesuai tabel angsuran yang diberikan oleh marketing, karena saya sudah bersabar menunggu proses KPR lebih dari 1 bulan dan agar kerjasama PKS

terjalin dengan baik dan agar saya berikan testimoni yang baik kepada rekan/kolega saya. Yusuf Iskandar Jl. Harapan 2 Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara

Pelayanan Time Keeper Casio yang Mengecewakan SAYA mengganti baterai jam tangan Casio di Time Keeper Citraland, langganan saya seperti biasa. Penggantian terakhir adalah pada bulan Mei 2012 dimana saya kecewa karena salah seorang SPG membuat kesalahan yang menyebabkan jam tangan saya tidak dapat digunakan lagi. Pada saat penggantian baterai, saya sudah mengingatkan untuk menutup rapat mengingat jam tersebut saya gunakan hampir 24 jam termasuk olahraga air. Keesokan harinya jam tangan saya rusak pada saat saya gunakan untuk berenang, dan ini terjadi pertama kalinya dalam 10 tahun terakhir, yaitu kesalahan dari pihak service center. Saat meminta pertanggung jawaban, bos tersebut lepas tangan dan

KIRIM TULISAN OPINI DAN SUARA ANDA KE REDAKSI BERITA METRO

menyerahkan urusan ini kepada SPG terkait, dan tidak ada kompensasi sedikitpun mengenai penggantian biaya penggantian mesin dari pihak Time Keeper. Manajer dari gerai tersebut seolah menyalahkan saya atas kerusakan tersebut, “Bautnya longgar, jam tangannya sudah model lama (Baby G 2673), seharusnya tidak boleh dibawa berenang seminggu setelah penggantian baterai..” Dimana jika hal tersebut diberitahukan kepada saya pada saat penggantian baterai pastinya mencegah hal ini terjadi. Saya sangat kecewa karena gerai resmi Casio memperkerjakan SPG yang tidak profesional dan saya lebih kecewa lagi karena si bos lepas tangan atas kejadian yang menimpa saya. Margareth Jonathan Taman Surya 3 Blok H7 No 46, Jakarta

Promo XmartPlan tidak Jelas TERTARIK dengan paket XmartPlan untuk Blackberry, saya sengaja menon-aktifkan layanan Blackberry di operator lain untuk pindah ke XmartPlan Blackberry XL. Tentu, ingin mendapatkan paket promo yang

Anda punya keluhan tentang kebijakan dan pelayanan publik? Atau, Anda punya gagasan? Kirimkan email atau dengan cara SMS ke redaksi Berita Metro.

Rp 99rb/3 bulan. Setelah menonaktifkan layanan Blackberry dari operator lain, saya aktifkan XmartPlan XL unruk Blackberry ternyata saya tidak mendapatkan promo. Alangkah kecewanya saya karena sebelumnya saya tidak pernah menggunakan layanan Blackberry XL tapi dari operator lain. apakah ini tidak termasuk kriteria pelanggan baru seperti yang disyaratkan? Lalu, apa kriteria pelanggan baru disini? Membeli no XL yang baru? Atau pengguna XL yg lama tapi baru mengaktifkan layanan Blackberry dari XL? Mohon penjelasan jangan sampai promosinya menjebak pengguna saya sudah puas dengan layanan dari operator sebelumnya pindah juga. Karena promo tersebut ternyata malah tidak mendapat promo yang saya harapkan. Sementara kinerja layanan XL blackberry belum memuaskan saya. Sering gagal browsing harus menunggu sebulan lagi untuk kembali ke operator sebelumnya agar tidak rugi 2x. Haddy Permadi Jl. Pasundan Gg Cakradireja 129a/ 18b, Bandung Email: red_beritametro@yahoo.co.id Hotline: +6231-5318686 SMS: +62 8564 6036 977

Komisaris: Mayjen TNI Sutarno Soepodo SH, Direktur Utama: AR Balhmar, Direktur: Djoko Tetuko, Direktur Operasional: Muhammad Hakim K, Pimpinan Perusahaan: H. Samiadji Makin Rahmat. Pimpinan Redaksi/Penangung Jawab Pemberitaan: M Habibullah. Wakil Pemimpin Redaksi: Al Khadaffi. Manager Keuangan: Silvia Umar Balhmar, Manager Iklan: Djuwariyah. Dewan Redaksi: AR Balhmar, H Djoko Tetuko, H. Samiadji Makin Rahmat, M Habibullah, Yahya A Waber, Tjipto Chandra, Marcella, Hadi Ismanto, M. Nabil, Ferdy Yunisaf Sekred: Farra Silviana, Redaktur Senior: R. Sulistyono, Herry Sunarya Redaktur: Ari Widura, E Prayogo, Hadi Pudjiantoro, Ibnu Hanif, Zamzami PuLang, Bambang Andrias, Reporter: Bambang, Arie, Hadi, Endray, Rofiqi, Ami, Ali, Fotografer: Tovan Bram Kumara, Soemadji, Pracetak: Ahmad Choironudin, Artistik/Tata Letak: Agus Wicaksono, Mufian Haris, Zainal Mustakim, Firman Hidayat, Hartoyo, Biro Jakarta: Marcella (Kord), Ferdy Yunisaf, Reza Firvano Perwakilan Daerah: Pasuruan: Supardi (kord). Gresik: Irvan Kholis. Mojokerto: Prayogi. Malang: Taufik (kord), Pungky S W, Suseno, Gunawan, Sidoarjo: Dicky Arista (Dea), Probolinggo: Subhi (kord), Madiun: Jumanto (kord), Kediri: Andik Kartika, Nganjuk: Roy Alexander, Tuban: Syaian (kord), Bojonegoro: Reono Pareno, Bogor: Omar Abdel, Bali: Rohmat. Sirkulasi/Pemasaran: Chairul. A Alamat Redaksi: Jl Tunjungan No 86 Surabaya. Telp: 031 - 5318686, 5323414, Fax: 5323414. Email: red_beritametro@yahoo.co.id. Tarif Iklan: Display (FC) Rp. 25.000 MMK (BW) Rp. 17.000 MMK, Sosial Rp. 10.000 MMK, Baris Rp.. 15.000 (Minimal 2 Baris)

RABU, 27 JUNI 2012

5

METRO BISNIS

Tri S. Soenoko: Mereka terbaik dalam bidang konsultasi, technical assistant, termasuk benchmarking juga. HARGA EMAS

1.570,90/Ozt

INDEKS

22 JUNI

25 JUNI

%

IHSG Hang Seng Nikkei Nasdaq S&P 500 FTSE KLSE STI

3.863,12 19.056,3 8.776,98 2.859,09 1.325,51 5.566,36 1.601 2.815,48

3.883,93 19.039,3 8.785,1 2.892,42 1.335,02 5.513,69 1.608,8 2.818,77

0,54 -0,09 0,09 1,17 0,72 -0,95 0,49 0,12

9.473 IDR/USD

JUAL

Rp. 502.560/gram

IHSG 4.400,00

3.883,93

4.000,00 3.600,00 3.200,00 19/6

20/6

21/6

22/6

25/6

BELI

Rp. 482.457/gram

KURS

22 JUNI

USD AUD JPY GBP SGD HKD EUR CHF

9.473 9.480 9.529,85 9.502,78 118.14 118.06 14.788,8 14.769,37 7.420,5 7.400,19 1.220,74 1.221,59 11.896,2 11.884,14 9.904,88 9.895,11

25 JUNI

% 0,07 -0,28 -0,07 -0,13 -0,27 0,07 -0,1 -0,1

Berlaku sampai tanggal 25 Juni 2012 pukul: 17.00 WIB

KURS

USD

GPB

14.769,37

15.000,00 12.500,00

9.480

10.000,00 7.500,00 19/6

20/6

21/6

22/6

25/6

Sumber: geraidinar

Buah Indonesia Kalah Bersaing JAKARTA, (BM) - Produsen atau pengusaha benih buahbuahan, sayuran, dan produk hortikultura lainnya menyatakan kesiapan mendukung petani dalam pengadaan benih unggul pascakebijakan pemerintah membatasi impor hortikultura. "Kami menyambut positif kebijakan pemerintah yang mendorong terjaminnya ketersediaan benih unggul yang dibutuhkan petani," kata Ketua Asosiasi Produsen Perbenihan Hortikultura Indonesia (Hortindo), Afrizal Gindow di Jakarta, Selasa (26/6). Menurut dia, ketersediaan benih unggul akan membuat petani tidak menemui kesulitan dalam menjamin ketersediaan produk hortikultura menggantikan produk impor yang di beberapa daerah sudah dihentikan pemerintah. Afrizal mengungkapkan bahwa salah satu penyebab sulit bersaingnya produk buah-buahan maupun sayuran Indonesia dibandingkan produk impor adalah ketersediaan benih unggul yang memengaruhi kuantitas dan kualitas hasil panen petani. Produsen benih, ujarnya, masih kewalahan memenuhi tingkat permintaan benih industri hortikultura yang terus meningkat setiap tahun. Permintaan benih diproyeksi akan mencapai 13 ribu ton, sedangkan produsen benih hanya mampu menyuplai 6.000-7.000 ton. Afrizal mengaku bahwa masalah investasi untuk mengembangkan industri benih unggul cukup besar. Di samping itu, kegagalan dalam riset dan pengembangan juga masih sangat tinggi sehingga diperlukan modal yang sangat besar dan memerlukan waktu pengembalian modal panjang. "Salah satu jalan keluar yang perlu dipertimbangkan adalah membuat industri benih menarik buat investor agar mau membangun nursery (lahan benih) di Indonesia, ujarnya. Menurutnya, Indonesia masih memiliki banyak varietas lokal yang jika dikembangkan mampu bersaing dengan produk hortikultura dari negara lain. Selain itu, kata Afrizal, sebenarnya selama ini kebutuhan hortikultura untuk sayuran dapat dipenuhi dari petani di dalam negeri, sehingga pembatasan impor ini sangat baik untuk terus meningkatkan pasokan dan keragaman produk. Saat ini, tambahnya, produsen benih hortikultura nasional terus mengembangkan lahan pertanian, tidak hanya di perdesaan tapi juga memanfaatkan lahan terbatas di perkotaan sehingga tetap terjamin ketersediaan pasokan di pasar. Untuk itu, Afrizal menegaskan bahwa pihaknya siap menyediakan benih unggul agar memberi nilai tambah meliputi produksi lebih maksimal dan tahan terhadap penyakit serta memberikan pelatihan bagi petani. "Saat ini, benih hibrida hortikultura sebagian besar sudah tersedia di Indonesia, hanya tinggal produk hortikultura untuk item tertentu saja yang masih impor. Itu pun, untuk pasar ekslusif dan memang benihnya tidak bisa diproduksi di sini terkait iklim," ujar dia. Managing Director PT East West Seed Indonesia, Glenn Pardede mengungkapkan, perusahaannya selama ini menargetkan pertumbuhan 15 persen setiap tahun untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik. Namun, dengan adanya kebijakan pemerintah pihaknya akan meningkatkan target menjadi 30 persen. Data statistik menunjukkan, perkembangan impor buah dan sayur mengalami perkembangan yang sangat drastis. Pada 2008, nilai impor produk hortikultura baru 1,6 juta dolar AS, namun pada 2011 nilai impor produk hortikultura mencapai 1,7 miliar dolar AS. (kcm/hdi)

FOTO: BM/ANTARA

BUAH LOKAL: Akibat tidak adanya benih unggul, buah lokal kalah bersaing dengan buah-buahan impor.

SURABAYA, (BM) - Kepala Cabang PT Bank Mandiri Tbk Kanwil VIII Surabaya, Jasmin, akan menargetkan penambahan 18 kantor jaringan selama 2012. Dari penambahan kantor baru itu , hingga Semester I/2012 sudah terealisasi 11 kantor jaringan. Sementara ada 7 jaringan .kantor lainnya yang akan direalisasikan pada kuartal III tahun ini. “Selain untuk mendekatkan diri pada masyarakat, dengan pembukaan kantor-kantor cabang ini pihak kami ingin meningkatkan penghimpunan Dana Pihak ketiga (DPK),” ujar Jasmin, Selasa (26/6). Pria ini mengatakan, pihaknya akan lebih fokus pada kantor-kantor cabang di wilayah kerjanya yang selama ini masih belum terjangkau. Sementara itu, pihaknya juga akan fokus pada daerah seperti, Sampang-Madura, BabatLamongan, Caruban dan Probolinggo. Dari data yang tercatat saat ini jumlah kantor Bank Mandiri di Jatim berjumlah 135 unit. Dari kantor jaringan Bank Mandiri Jatim itu terdiri dari kantor cabang, kantoR kas dan kantor cabang pembantu. Selain itu, catatan dari Bank Mandiri Kanwil VIII untuk PDK hingga akhir bulan Mei 2012 sudah terhimpun Rp 33 triliun. Untuk target pada akhir tahun ini akan ditingkat yakni Rp 37 triliun. Sementara pendapatan dari PDK didominasi dari tabungan dan giro yang memiliki kontribusi 60 persen dan sisanya dari pendapatan deposito. (top/hdi)

FOTO: BM/ANTARA

BANDARA INDONESIA-KOREA: Komisaris Angkasa Pura II Herman Prayitno (tengah) berbincang dengan President & CEO Incheon International Airport Corporation (IIAC) CW Lee (kanan) dan Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri S Sunoko (kiri) sebelum penandatanganan kerjasama antara Angkasa Pura II dan IIAC di Jakarta, Senin (25/6) kemarin.

PT Angkasa Pura Siap Benahi 25 Bandara Siapkan Anggaran Rp 32 Triliun Sebanyak 25 bandara Indonesia yang dikelola PT Angkasa Pura siap berbenah. Selain mengakomodasi trafik, keselamatan juga tetap menjadi faktor utama yang diperhatikan. JAKARTA, (BM) - Wakil Menteri Perhubungan Bambang Soesantono menegaskan, ada tiga hal yang patut dibenahi terkait manajemen lalu lintas udara. Pertama adalah pengadaan sistem yang lebih baik dan modern. Terutama, untuk bandara yang menjadi penghubung internasional. Dua, perbaikan sumber daya manusia, dan terakhir adalah penyempurnaan sistem keamanan. Bambang menambahkan, pemerintah Indonesia tengah menggodok pendirian Badan Penyedia Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (BPPNPI). Keberadaan badan ini, menurut dia, sangat penting untuk keamanan lalu lintas udara, terutama untuk menekan angka kecelakaan akibat kurang maksimalnya pengaturan navigasi. Dia juga meminta agar masyarakat tidak memburu penyelesaian ekspansi bandara. Sebab, selain tidak murah, pembangunan bandara juga bisa dibilang kompleks. Untuk itu, berarti juga harus memerhatikan keterkaitan dengan daerah di sekitarnya. "Selain itu, tidak semua daerah harus dibuatkan bandara. Kan, tidak mungkin kita bangun bandara di daerah yang demand-nya kurang,"

FOTO: BM/IST

KENAIKAN HARGA: Produsen lantai keramik telah melakukan penyesuaian harga jual mengikuti kenaikan harga pasokan gas industri.

dahal kebijakan tersebut jelas akan berdampak pada penurunan daya beli. Welly membenarkan saat ini jumlah pasokan gas ke industri keramik di Jatim memang tidak sesulit di Jakarta. Akan tetapi harganya yang relatif tinggi membuat perusahaan harus memiliki strategi tersendiri agar

Bank Mandiri Perkuat Jaringan di Jatim

TRANSPORTASI

tuturnya. Pemerintah, menurut Bambang, menganggarkan sekitar Rp 32 triliununtukmembenahibandaraselama periode 2010-2025. Saat ini, baru sekitar Rp 4-5 triliun yang terserap. Salah satu bandara yang akan disempurnakan adalah Bandara Soekarno Hatta di Cengkareng, Tangerang, Banten. Dalam hal ini PT Angkasa Pura II akan menggaet Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan, untuk dijadikan mitra. Incheon dinobatkan sebagai bandara terbaik di dunia, karena itu Angkasa Pura akan bermitra untuk transfer pengetahuan. "Mereka terbaik dalam bidang konsultasi, technical assistant, termasuk benchmarking juga," kata Dirut Angkasa Pura II Tri S. Soenoko di Jakarta, Selasa (26/6). Lebih lanjut ditegaskan Tri S Soenoko, pihaknya kini sedang membuat grand design pengembangan bandara Soekarno Hatta. Dengan pertumbuhan penumpang sebesar 19,2 persen atau yang tertinggi di dunia, Bandara Soekarno Hatta harus dikembangkan agarmampumengakomodasipertumbuhan trafik dan penumpang yang semakin tinggi. Dengan 12 bandaranya masuk dalam daftar 30 bandara tersibuk dunia dan pengalaman dalam pengembangan bandara, AS tertarik membantu pengembangan bandara di Indonesia. Bekerjasama dengan Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II, Kedutaan Besar AS di Jakarta mengadakan Workshop Global Airports Indonesia 2012. "Bandara AS mengangkut 700 juta penumpang setiap tahunnya. Saya harap lewat workshop ini, per-

usahaan-perusahaan AS dapat membantu melalui keunggulan teknologi dan solusi hemat biaya yang dapat membantu pengembangan bandara di Indonesia," kata Dubes AS untuk Indonesia, Scot Marciel. Pembenahan Bandara SoekarnoHatta diharapkan selesai 2014. Bulan depan pembangunan dimulai dengan ground breaking dan pembenahan apron Terminal 3 sebagai titik awal. Dari 25 bandara yang dikelola Angkasa Pura, Soekarno Hatta bersama Bandara di Medan, Surabaya, Denpasar, dan Makassar yang juga sedang diekspansi digodok menjadi internasional hub untuk Indonesia. Selain Bandara Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II juga akan bekerja sama dengan Korea Selatan, untuk pengoperasian Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara. Lebih lanjut dijelaskan, konsep bandara yang bersifat tradisional telah mengalami perkembangan sehingga mampu meningkatkan kontribusi ekonomi bagi negara. Bandara kini tidakhanyatempatlaulintasudarasaja, melainkan pusat kegiatan sosioekonomi tak ubahnya miniatur sebuah kota. Konsep yang disebut Airport City ini telah banyak diadopsi oleh bandarabandara terbaik di dunia dan telah terbukti menjadi instrumen peningkatan kualitas layanan pada pelanggan. "Saat ini kami sedang melakukan transformasi yang mengacu pada konsep Airport City sehingga kami memerlukan masukan dari banyak pakar untuk membuat bandara yang kompeten secara global," kata Direktur Utama Angkasa Pura I, Tommy Soetomo di Jakarta, Selasa (26/ 6). (vvn/ant/hdi)

Harga Keramik Terimbas Pasokan Gas SURABAYA, (BM) - Tersendatnya pasokan gas industri yang terjadi di Jatim akhir tahun lalu membuat para produsen keramik di wilayah ini tergencet. Apalagi pada awal tahun ini harga gas industri mengalami kenaikan. Akibatnya, pelaku perusahaan/industri keramik merencanakan kenaikan harga keramik pada konsumen. Direktur Platinum Ceramics Industry, Welly Santoso mengatakan semenjak tahun Januari 2012 lalu industri keramik di Jatim sudah menyesuaikan harga jual untuk berbagai ukuran. “Di Platinum sendiri kenaikannya secara bertahap dan sampai posisi Mei 2012 peningkatan harga tersebut sudah mencapai 15 persen,” ujar Welly Santoso, Selasa (26/6). Welly menilai, kenaikan harga pasokan gas industri yang sudah mencapai dua kali lipat membuat kalangan industri keramik tidak bisa menekan harga jual produk. Pa-

PERBANKAN

tidak berdampak pada penurunan penjualan. Selain karena faktor persaingan, juga untuk mengimbangi permintaan pasar. Ia mencontohkan keramik pruduksinya yang berukuran 40X40 dan 20X20 serta 30X30 dengan motif minimalis yang sampai saat ini masih banyak

yang peminat. “Untuk produk seperti itu kenaikkannya tidak bisa dua digit,” papar Welly. Sementara itu untuk mendongkrak penjualan, lanjut Welly, diharapkan dari sejumlah varian baru yang dirilis pada tahun ini. Sebagaimana diketahui saat ini Platinum telah merilis produk keramik ukuran terbesar di Indonesia yakni 80X80 cm serta ukuran terbaru 25X40 cm. Dia berharap ukuran keramik tersebut akan menjadi tren di Indonesia. Selain itu juga ada varian motif baru dari yang minimalis hingga warna-warni yang bervariatif. Rencananya varian baru itu akan diproduksi sebanyak 220 SKU. “Setelah Surabaya produk tersebut akan kami luncurkan di Jakarta, Semarang dan Denpasar nanti,” ungkap Welly. Sementara Kepala Bagian Pengendalian Kinerja “Strategic Business Unit/SBU II Jawa Timur PGN, Hidayat Ahmad, mengatakan , kepastian peme-

nuhan energi gas di Jatim termasuk pada bulan ini juga didukung oleh adanya pasokan dari Kangean Energy. “Kami yakin volume pasokan bisa mencapai 140 juta kaki kubik dan dapat berjalan dengan stabil,’’ ujar Hidayat beberapa waktu lalu. Menurut dia, kini keseluruhan pelanggannya di Jatim sudah mencapai 12.400 pelanggan. Dari jumlah tersebut, mayoritas sebanyak 12.000 adalah pelanggan rumah tangga. “Lalu, sisa 400 pelanggan dari kalangan industri seperti bergerak di sektor makanan minuman, logam, keramik, dan kimia,” ujarnya. Hidayat mengungkapkan, seiring dengan pemenuhan kontrak kebutuhan gas bumi bagi wilayah tersebut maka pada bulan Juli 2013 ditargetkan pelanggan industri dan komersial akan tumbuh lebih dari 15 persen atau menjadi 414 pelanggan. (top/hdi)

FOTO: BM/ANTARA

MOBIL LISTRIK: Prototip bus listrik membawa rombongan berkeliling saat digelar Fun Drive Mobil Listrik Nasional di sela berlangsungnya Peluncuran Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) Ke17 di halaman Gedung BPPT, Jakarta, Selasa (26/6).

Minibus Listrik Seharga Rp 900 Juta JAKARTA, (BM) - Kementerian Riset dan Teknologi telah meluncurkan bus listrik berkapasitas 15 orang penumpang. Mau tahu berapa harga per unitnya? Kepala Penelitian Bidang Transportasi LIPI Abdul Hafidz mengatakan purwarupa alias prototype bus listrik buatan anak negeri ini jika diproduksi secara massal bisa dijual dengan harga Rp 900 juta. "Kalau asumsi produksi 1.000 unit, itu harganya 900 juta," ungkap Hafidz di Gedung BPPT, Jakarta, Selasa (26/6). Ditempat yang sama, Wamen ESDM Rudi Rubiandini Suharsyah menilai bus listrik buatan anak negeri ini merupakan kebanggan bagi masyarakat Indonesia dan juga sebagai solusi di tengah masalah energi. Meskipun harga bus listrik relatif mahal, Rudi menilai hal tersebut bukan menjadi masalah jika dibandingkan dengan manfaatnya sebagai angkutan ramah lingkungan dan irit bahan bakar. "Menurut saya, walaupun ini mahal ini harus dilakukan. Kita tidak boleh kalah karena mahal atau kurang ekonomis. Itu tidak apa-apa, biarkan biaya mahal itu kita bayar karena yang membuat itu anak negeri sendiri," imbuh Rudi. Terkait masih tingginya harga bus listrik tersebut, Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT) Kemenperin Budi Darmadi mengatakan pihaknya masih menilai berbagai mobil ramah lingkungan yang termasuk dalam katagori low carbon emition energy. (dtk/hdi)

6

RABU, 27 JUNI 2012

Nasri Terancam Dua Tahun PERTIKAIAN gelandang Prancis, Samir Nasri dengan wartawan usai “Les Bleus” dikalahkan Spanyol di perempat final Euro 2012 berbuntut panjang. Gelandang Manchester City itu terancam hukuman dari Federasi Sepakbola Prancis (FFF). Menurut L’Equipe, FFF sedang mempertimbangkan untuk memberikan skorsing dua tahun kepada Nasri. FFF juga sedang menginvestigasi Yann M’Vila, Hatem Ben Arfa dan Jeremy Menez terkait perilaku kurang baik selama di Piala Eropa 2012. Penampilan Nasri di luar lapangan memang juga menyita perhatian pada even Euro 2012 ini. Pemain 25 tahun ini sempat merayakan gol kontroversial ke gawang Inggris dengan menaruh jari telunjuk di depan mulutnya. Menurut Nasri, itu ditujukan kepada wartawan Prancis yang selalu mengkritiknya. Tak berhenti di situ, Nasri juga menantang berkelahi wartawan L’Equipe seusai Prancis tersingkir di babak 8 besar karena dikalahkan juara bertahan Spanyol 0-2. Saat itu, Nasri seolah-olah ingin kembali ke kamar ganti mengambil barangnya yang tertinggal. Tapi, ketika kembali, dia nyaris terlibat perkelahian dengan wartawan di mixed zone. Pihak FFF sedang merumuskan hukuman bagi Nasri. Kemungkinan besar, dia tak bisa memperkuat Prancis sampai Piala Dunia 2014 di Brazil. Beberapa pemain Prancis juga tak melayani beberapa pertanyaan wartawan di mixed zone. Padahal, pihak panitia (UEFA) mewajibkan para pemain berinteraksi dengan media di area itu. M’Vila, Ben Arfa dan Menez termasuk pemain yang tak melayani wartawan saat itu. (*/ibn) TUTUP MULUTMU: Selebrasi Samir Nasri ini ditujukan pada media Prancis yang sebelumnya mengkritik dia.

Gajah Nelly Bobol Gawang Italia SEEKOR gurita bernama Paul sempat tersohor pada Piala Dunia 2010 lalu karena sukses menebak tujuh prediksi pertandingan Jerman plus satu laga final Spanyol versus Belanda. Setelah Paul, banyak hewan-hewan yang disebut bisa “meramal” hasil pertandingan. Kini, muncul gajah bernama Nelly yang juga tepat memprediksi empat pertandingan Jerman di Euro 2012. Nelly menebak hasil pertandingan dengan menendang bola ke arah dua gawang berdampingan yang disediakan. Masing-masing gawang diberi bendera negara yang akan bertanding. Posisi Nelly menendang berada tepat di tengah-tengah kedua gawang tersebut dengan jarak sekitar 5 meter. Ketepatan Nelly menebak prediksi terbukti dengan gol yang berhasil dilesakkannya ke gawang berbendera Portugal, Belanda, Denmark, dan Yunani. Lantas, jelang laga semifinal antara “Der Panzer” melawan Italia, yang dibobol adalah gawang Italia. “Nelly telah membuat keputusan hari ini. Tendangan kaki kirinya mengoyak jala Italia. Itu jelas menjadi kemenangan untuk Jerman,” jelas pengasuh Nelly, Fabrizio Sepe. Kita lihat saja, apakah tebakan Nelly benar-benar netral atau dipengaruhi lingkungannya. Nelly adalah penghuni di kebun binatang Hodenhagen, Jerman. (*/ibn)

FOTO: BM/DAYLIFE

JAGOKAN JERMAN: Gajak Nelly berinteraksi dengan penjaga kebun binatang setelah dia membobol gawang Italia.

TUTUP MULUT: Pelatih Jerman, Joachim Loew (kanan) memerintahkan anak asuhnya untuk jtutup mulut jelang semifinal melawan Italia. Der Panzer khawatir strategi mereka bocor dan dimanfaatkan Italia.

FOTO: BM/DAYLIFE

Waspada Mata-mata WARSAWA, (BM) - Jerman bukan hanya menghadapi Andrea Pirlo dkk. untuk bisa melenggang ke final Euro 2012. Jelang bentrok kontra pasukan Cesare Prandelli di Stadion Narodowy, Warsawa, Jumat dini hari WIB (29/6), mereka juga dihadapkan pada ancaman mata-mata yang bisa saja membocorkan strategi sebelum laga. Mata-mata kini menjadi persoalan yang harus diperhatikan skuad “Der Panzer” seiring bocornya strategi mereka enam jam sebelum melawan Yunani di perempat final, Sabtu dini hari WIB (23/6). Saat itu, sebauah media me-

mublikasikan rencana pelatih Jerman, Joachim Loew yang akan mengistirahatkan trio penyerang Mario Gomez, Lukas Podolski dan Thomas Muller. Meski akhirnya Jerman mengalahkan Yunani dengan skor 4-2, tapi kebocoran itu banyak dikecewakan. “Memalukan, line-up sudah diketahui publik sangat cepat,” kata Kapten Jerman, Philipp Lahm kata dia seperti dikutip Reuters. “Seluruh warga Jerman di belakang kami. Karena kami ingin mengangkat trofi Eropa. Pembocor rahasia itu akan menjadi musuh negara,” sergahnya. Loew sendiri juga tampak

naik pitam dengan hal itu. “Tentu saja ini tak bagus. Karena kami tak ingin dengan mudah diprediksi lawan,” tegas pelatih 52 tahun itu. Loew menuduh salah satu agen pemainnya menjadi pengkhianat. Makanya, jelang laga melawan Italia, dia minta kepada seluruh pemainnya agar menutup mulut rapat-rapat. “Sejak saat itu, kami sangat waspada. Normal jika pemain bilang kepada istri atau pacarnya bahwa dia akan bermain. Tapi, tak seharusnya pemain memberikan bocoran kepada agennya,” tegasnya. Kebocoran susunan pemain Jerman bukan hanya terjadi se-

belum melawan Yunani. Pada laga pembuka melawan Portugal, Loew juga diketahui akan menurunkan Mario Gomez daripada Miroslav Klose. Di lini pertahanan, Jerman pilih memasang Mats Hummels daripada bek Arsenal, Per Mertesacker. Pada laga terakhir Grup B melawan Denmark, keputusan menjadikan Lars Bender sebagai starter di posisi bek kanan juga sudah diketahui publik beberapa jam sebelum laga. Manajer “Der Panzer”, Oliver Bierhoff juga mewanti-wanti para pemainnya. “Saya sudah bicara dengan semua pemain. Sangat penting untuk memberikan kejutan ke-

pada lawan,” katanya. “Jika line-up sudah bocor 5 atau 6 jam sebelumnya, memunculkan kejutan tentu saja sangat sulit. Kami harus memastikan takkan ada kebocoran itu,” tutur dia. Jerman mencatat rekor baru yakni terus menang dalam 15 laga resmi. Tapi, mereka masih dipusingkan dengan cedera engkel playmaker Sebastian Schweinsteiger. Bintang Bayern Munich ini sempat beberapa kali absen latihan. “Tentu saja, sangat bagus jika kami tak memiliki pemain cedera. Saya tak terlalu khawatir dengan kondisi Bastian. Dengan pengalamannya, saya yakin bisa mengatasi itu semua,” tutur Lahm. (*/ibn)

Percuma Jaga Pirlo TEMPERAMENTAL: Karakter striker Mario Balotelli (kiri) yang relatif labil membuat kondusifitas Italia rentan konflik.

FOTO: BM/DAYLIFE

Dirundung Konflik Internal dan Minim Recovery KIEV, (BM) – Jika Jerman harus ekstra waspada akan ancaman mata-mata, kubu Italia dirundung konflik internal plus persoalan recovery pemain jelang semifinal di Stadion Narodowy, Warsawa, Jumat dini hari WIB (29/6). Mario Balotelli dan Daniele De Rossi dikabarkan bersitegang di lapangan dan ruang ganti saat Italia melawan Inggris di perempat final Euro 2012, Senin dini hari WIB (25/6). Namun, percekcokan itu tak berlanjut karena Antonio Cassano melerai mereka. Insiden itu dilaporkan La Gazzetta dello Sport. Menurut surat kabar olahraga Italia itu, perselisihan berawal di babak pertama. Saat itu, De Rossi kecewa dan mengumpat karena umpan silang Balotelli tidak akurat. Emosi, Balotelli langsung membalas dengan mengumpat De Rossi.

Ternyata, ini berlanjut. Seusai kemenangan Italia lewat adu penalti, kedua pemain ini kembali terlibat percekcokan di ruang ganti. Namun, Cassano langsung melerai mereka. Sebenarnya, hubungan panas antara Balotelli dan De Rossi sudah terjadi sebelum pertandingan. Dalam sebuah wawancara, De Rossi menyebut striker Italia itu “Little Mario”. Merasa dikecilkan, Mario sempat tersinggung hingga membuat hubungan keduanya kian memanas. Di sisi lain, Italia yang lolos ke semifinal dengan menundukkan Inggris 4-2 dalam adu penalti dirundung kelelahan dan cedera sejumlah pemain. Padahal, pelatih Italia Cesare Prandelli hanya punya waktu tiga hari (Jerman lima hari) untuk memulihkan kebugaran pemainnya. Italia juga berhitung dengan risiko cedera sejumlah andalan-

nya. Gelandang Daniele de Rossi dan bek sayap Ignacio Abate ditarik pada babak kedua perempat final karena masalah otot kaki. Gelandang Claudio Marchisio juga cedera otot, tetapi dipaksa bermain hingga 120 menit. Daftar cedera pemain Italia cukup panjang, termasuk bek tengah Giorgio Chiellini dan gelandang Thiago Motta. Bek sayap Cristian Maggio pun harus absen karena akumulasi kartu kuning. “Kami membutuhkan semua pemain dalam kondisi bugar. Pertandingan masih jauh dari selesai dan kami ingin para pemain kembali bugar. Saat ini kami hanya ingin segera pulang dan tidur,” kata Prandelli. “Untuk mengalahkan mereka, kami memiliki sesuatu dan kami akan memberikan segala yang kami mampu. Pertandingan ini akan sangat terbuka dan seimbang,” tuturnya. (*/ibn)

WARSAWA (BM) – Nama Cristiano Ronaldo menjadi sosok sentral yang banyak dibicarakan kubu Spanyol jelang semifinal Euro 2012 melawan Portugal, Kamis dini hari nanti WIB (28/6). Tapi jika berbicara semifinal kedua pada Jumat dini hari WIB (29/6), sosok gelandang Italia, Andrea Pirlo akan menjadi perhatian utama Jerman. Pelatih Jerman, Joachim Loew menilai Andrea Pirlo adalah sosok sentral di balik kegemilangan Italia di Euro 2012. Bahkan, pelatih berusia 52 tahun ini menilai, Pirlo tetap akan bisa berkreasi meskipun ditempel ketat oleh para pemainnya. “Pirlo membawa sedikit pencerahan di Italia. Dia adalah pesepak bola yang luar biasa dan ahli strategi yang brilian. Penjagaan ketat tidak berguna jika diterapkan kepadanya, karena dia sering turun jauh ke belakang dalam beberapa kesempatan,” ujar Loew. Loew mengatakan, Italia telah banyak berkembang se-

menjak Piala Dunia 2010. Hal tersebut, katanya, dapat dilihat dari permainan “Azzurri” dalam turnamen Eropa tahun ini. “Italia dapat bermain dengan formasi 3-5-2 atau 4-4-2. Kami harus membiasakan bermain dengan sistem seperti itu. Di sisi lain, kami juga ingin menjaga ritme permainan sendiri,” katanya. Terkait kondisi Bastian Schweinsteiger yang dikabarkan akan absen dalam laga itu, Loew yakin anak asuhnya itu bisa segera pulih dan membela “Der Panzer”. Dalam pertandingan tersebut, Loew mengakui akan menurunkan pemain yang berada dalam kondisi prima. “Tidak ada pemain akan bermain jika kondisinya hanya 95 persen fit. Dia (Schweinsteiger) memiliki beberapa masalah ketika berhadapan dengan Yunani, tetapi dia telah berlatih keras. Dia sangat percaya diri (untuk pulih) dan kami akan membutuhkannya karena dia sangat penting bagi tim,” ucapnya. (kom/ibn)

FOTO: BM/DAYLIFE

PLAYMAKER: Gelandang Italia, Andrea Pirlo membuktikan kualitasnya tak termakan usia dengan membawa Azzurri lolos semifinal Euro 2012.

RABU, 27 JUNI 2012

7

BERITA METRO Joao Moutinho: Dia (Ronaldo) memiliki segalanya, memiliki kecakapan baik aspek fisik maupun mental. Sulit mencari kelemahannya.

Dari Perdata Bergeser ke Pidana Kuasa... Menurut Sumardan, kuasa hukum Loena, pihaknya menyayangkan kliennya yang dalam kondisi sakit-sakitan harus menghadiri sidang atas kasus yang menimpanya. Dia pun menyayangkan penahanan Leona mengingat kliennya sudah berusia lanjut. Sumardan menerangkan, penahanan tersebut melanggar Peraturan Mahkamah Agung No. 1 tahun 2000 di mana orang berusia 77 tahun lebih tidak boleh ditahan. "Majelis hakim dan jaksa kami nilai arogan karena kami sudah berulangkali mengajukan penangguhan penahanan namun tidak pernah diindahkan," ujar Sumardan di

SAMBUNGAN HALAMAN 1 PN Denpasar, Selasa (26/6). Sebagai kuasa hukum pihaknya sudah mengajukan keberatan, namun Majelis Hakim PN Denpasar yang diketuai John Tony Hutauruk tetap menyidangkan perkara yang menimpa nenek yang duduk dalam pesakitan sehingga membuat iba pengunjung pengadilan. Sumardan menilai adanya rekayasa kasus ini hingga akhirnya wanita yang sedang sakit keras dan lumpuh itu ditahan. "Kami sudah mengajukan surat permohonan hukum terhadap klien kami ke Mahkamah Agung pada 23 Mei 2012 lalu agar klien kami yang kondisi mempri-

hatinkan jangan ditahan, biarlah kasus hukumnya jalan tapi nanti setelah terdakwa sehat silakan disidangkan," ujar Sumardhan. Melihat situasi ini, pihaknya menduga ada sejumlah pihak yang diduga orang kuat dan berpengaruh untuk merekayasa kasus perdata dijadikan perkara pidana. Tidak hanya itu, penahanan nenek yang tinggal di Puri Bukit Permai, Jimbaran, Kuta Selatan, Badung yang ditahan di LP Kerobokan, terlalu dipaksakan mengingat terdakwa sudah berusia lanjut dan kondisi sakit serta lumpuh. Menurut Sumardan, perkara yang membelit nenek malang itu berawal 2001 ketika penggugat dalam hal ini Putra Masagung saat jual beli tanah dengan Loena

Kanginnadhi dengan luas tanah 30 ribu meter persegi senilai 850 ribu dolar AS. Namun pada tahun 2010 Putra Masagung melaporkan Loena ke Polda Bali dengan sangkaan penipuan dan penggelapan sebagaimana diatur Pasal 378 dan Pasal 372 KUHP. Terpisah, pihak Mahkamah Agung menyatakan baru mendengar kasus yang menimpa Loena. "Saya baru dengar itu," ujar Kepala Biro Hukum dan Humas MA, Ridwan Mansur saat dihubungi wartawan, Selasa (26/6). Untuk mencari latar belakang kasus tersebut, Ridwan langsung mengecek Pengadilan Negeri (PN) Denpasar. Ridwan hingga saat ini belum bisa memastikan alasan nenek tersebut dipaksa hadir meski sakit. (dtk/ina/hdi)

Spanyol Paksa Ronaldo Hilang Posisi Bukan... Untuk laga kali ini, Spanyol memang lebih diunggulkan ketimbang A Seleccao. Tapi itu akan menjadi bahaya besar jika La Furia Roja meremehkan Cristiano Ronaldo Cs. Dari berbagai sisi, kemampuan Ronaldo memang sangat membahayakan bagi gawang lawan. Sebab itu, jika tidak diredam, bukan tidak mungkin gawang La Furia Roja yang dikawal kiper sehebat Iker Casillas, akan kebobolan. Terlebih, tren performa bintang Rael Madrid itu juga tengah naik. Memiliki Ronaldo juga diakui sebagai sebuah keuntungan tersendiri bagi Portugal. Ronaldo mampu menjadi faktor pembeda di lapangan. Gol penentunya ke gawang Ceko di perempat final beberapa waktu lalu melambungkan Portugal ke semifinal. Rekan setimnya, Joao Moutinho, mendeskripsikan CR7 (julukan Ronaldo) sebagai pemain yang super komplet. “Dia (Ronaldo) memiliki segalanya, memiliki kecakapan baik aspek fisik maupun mental. Sulit mencari kelemahannya. Sundulannya kuat, tendangannya keras, dan dia berlari dengan sangat cepat,” kata Moutinho. Namun, bukan berarti Por-

SAMBUNGAN HALAMAN 1

tugal yang dibesut Paulo Bento itu hanya akan tergantung pada sang bintang. Istilah Ronaldodependent atau ketergantungan berlebih harus dibuang jauhjauh dari skuad Portugal. Banyak pemain seperti Nani, Raul Mereiles, dan Joao Moutinho yang siap mendobrak lini pertahanan Spanyol bila Ronaldo dikawal ketat. “Portugal juga Ricardo-dependent, Eduardo-dependent, dan (Raul) Mereiles-dependent. Ronaldo memang pemain yang menunjukkan standar permainan kami. Dia pemain terbaik di dunia, tapi kami tidak ingin terlalu bergantung kepadanya,” ujar pemain belakang Portugal, Ricardo Costa seperti dikutip Marca. Di pihak lain, pelatih Spanyol, Vicente Del Bosque tetap mengusung optimisme tinggi di laga tersebut. Soal masa recovery timnya yang lebih minim ketimbang Portugal, mantan arsitek Real Madrid itu tak lagi merisaukannya. “Pemain kami terbiasa bermain Minggu dan Rabu (di La Liga). Itu sedikit banyak akan membantu kami dari segi pemulihan stamina,” ungkap Del Bosque seperti dilansir Marca. Bukan hanya siap secara sta-

mina, entrenador kawakan itu juga mengaku telah menyiapkan strategi untuk mematikan pergerakan Ronaldo. “Kami akan menerapkan cara khusus, namun itu (mematikan pergerakan Ronaldo) tak akan sampai menjadi strategi tersendiri. Nantinya, dia (Ronaldo) akan sering kehilangan posisi seperti dua tahun lalu di Piala Dunia 2010, di Afrika,” paparnya. Spanyol berhasil lolos ke semifinal usai mengalahkan Prancis dengan skor meyakinkan, 2-0, Kamis (24/6). Di babak penyisihan Grup C, Matador keluar sebagai juara grup dengan meraih tujuh poin. Dua kali menang dan sekali bermain imbang di tiga laga. Sedangkan Portugal memulai Euro 2012 ini dengan kekalahan dari Jerman dan sempat nyaris tersingkir. Kini pasukan Paulo Bento itu sejajar dengan Jerman, Spanyol, dan Italia di semifinal. Runner-up Euro 2004 itu lolos ke perempat final sebagai runner up Grup B berkat 6 angka yang diraih dari dua kemenangan dan satu kali menderita kekalahan.Saat melakoni perempat final, Jumat (22/6), tim besutan Paulo Bento sukses menundukkan Republik Ceko, dengan skor tipis, 1-0. Meski lebih diunggulkan di laga ini, bukan menjadi jaminan bahwa Spanyol akan men-

dominasi. Itu bisa disimak dari sejarah kedua tim dalam tujuh kali bentrok sepanjang 20 tahun terakhir. Dari jumlah pertemuan itu, kedua tim samasama mengoleksi dua kali kemenangan. Sedangkan tiga laga di antaranya berakhir seri. Namun, jika melihat tren permainan kedua tim di Euro 2012 kali ini, ada kebiasaan pelatih Spanyol yang kerap melakukan pergantian pemain setelah menginjak menit 60. Dan kebiasaan itu terbukti efektif. Ingat, lima dari delapan gol Spanyol di Euro 2012 kali ini tercipta setelah menit 60. Fakta ini juga mirip dengan ciri bermain Portugal yang cenderung terlambat panas. Ketika menghempaskan Denmark dan Belanda di laga Grup B, Portugal terlebih dulu tertinggal. Namun, pasukan Paulo Bento berhasil membalikkan skor sekaligus membuktikan diri sebagai tim yang cermat dalam merespon keadaan. Jika terlambat panas, Portugal akan rawan kebobolan di babak pertama. Namun, hasil akhir juga akan ditentukan oleh kesolidan lini belakang Spanyol menghadapi tekanan Ronaldo dkk. Di Euro 2012 sejauh ini, Spanyol menjadi tim yang punya pertahanan terkuat dengan hanya sekali kebobolan. (*/ibn/hab)

Pengacara Mengaku Belum Terima Surat Panggilan Hari Ini... Lepas dari beragam argumen pro dan kontra itu, hal yang membuat Anas sudah layak diperiksa karena KPK tercatat sudah memeriksa sekitar 70 orang saksi. Untuk itu, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Abraham Samad berharap Anas bersikap kooperatif memenuhi panggilan pemeriksaan. “Besok (hari ini dipangil) untuk dimintai keterangan. Kami berharap yang bersangkutan kooperatif,” kata Abraham, Selasa (26/6). Materi apa yang akan ditanyakan kepada Anas? Abraham enggan menjelaskannya. Namun Juru Bicara KPK Johan Budi SP Juru bicara KPK, Johan Budi mau sedikit membocorkannya. Ada tiga hal yang tengah didalami penyidik KPK yang beberapa di antaranya boleh jadi bakal ditanyakan kepada Anas. “Pertama, penyelidikan untuk mendalami apakah ada penyalahgunaan wewenang atau tidak dalam proses pembangunannya,” kata juru bicara KPK, Johan Budi di kantornya, Selasa (26/6). Kedua, KPK juga mendalami apakah dalam proses pembangunan telah sesuai dengan anggaran yang digelontorkan. “Dalam hal ini, yang dicari yakni bukti adakah mark up atau mark down dananya,” jelas Johan. Poin berikutnya yakni terkait bukti adanya aliran dana terkait pemenangan tender dalam proyek, antara penyelenggara negara dengan pihak lainnya. “Ketiganya ini yang sedang diselidiki KPK,” tandas Johan. Adapun, beberapa saksi yang sudah diperiksa yakni Direktur Utama PT Duta Graha Indah (PT

SAMBUNGAN HALAMAN 1 DGI) Dudung Purwadi, Manajer Pemasaran PT DGI Mohamad El Idris, mantan Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga Wafid Muharam, Kepala Badan Pertanahan Nasional Joyo Winoto, anggota Komisi II DPR asal Fraksi Partai Demokrat Ignatius Mulyono, serta pejabat PT Adhi Karya, Mahfud Suroso. Anas kerap disebut terlibat dalam proyek pusat pendidikan dan latihan olahraga Hambalang. Menurut bekas koleganya, M. Nazaruddin, PT Adhi Karya sebagai kontraktor proyek menggelontorkan uang Rp 100 miliar. Sebanyak Rp 50 miliar mengalir ke Kongres Demokrat di Bandung pada 2010 lalu untuk memenangkan Anas sebagai ketua umum. Namun pengacara Anas, Firman Wijaya, mengaku belum menerima surat panggilan dari KPK. “Kami malah baru tahu soal itu. Apa alasannya dipanggil juga kami belum tahu. Makanya, kami belum bisa bicara apa-apa,” ujarnya. Meski begitu, ia memastikan kliennya akan mendatangi Kantor KPK, hari ini. “Karena sebagai warga negara yang taat hukum, Pak Anas pasti akan penuhi panggilan tersebut. Pak Anas diluar kota, maka dia segera ke Jakarta,” tandas Firman. Pemanggilan Anas seolah membawa angin segar bagi politisi Partai Demokrat, Ruhut Sitompul. Wajar, karena politisi yang melompat dari Partai Golkar ini terkenal paling frontal menhendaki pencopotan Anas dari Ketua Umum PD. “Aku ingin masalah ini selesai.

Badai cepatlah berlalu dan aku doakan Bung Anas tidak terlibat. Tapi permintaan saya tetap. Pemeriksaan ini kan panjang dan aku minta Anas legowolah (mundur),” katanya. Sementara pendapat Fraksi PD secara umum mendukung langkah KPK meminta keterangan dari Anas. Ketua F-PD, Nurhayati Ali Assegaf menyampaikan dukungan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang akan memeriksa sang ketua umum partainya, Anas Urbaningrum, terkait kasus proyek Hambalang. “Fraksi dan DPP mendukung langkah KPK yang akan memeriksa Anas guna meminta penjelasan,” paparnya di Jakarta, kemarin. IURAN GEDUNG BARU KPK MELUAS Dukungan publik untuk membangun gedung baru KPK kian meluas. Setelah sejumlah menteri dan persatuan pedagang kaki lima menyatakan kesiapannya menghibahkan uangnya untuk membangun gedung baru itu, beberapa tokoh dari berbagai kalangan kembali mendatangi Kantor KPK di Kuningan, Jakarta, Selasa (26/6). Mereka di antaranya, Bambang Widodo Umar, Ikrar Nusa Bhakti, Teten Masduki, Anita Wahid, Romo Benny, Teten Masduki, Erry Riyana Hardjapemengkas, Danang Widoyoko. Tujuannya, memberikan dukungan sekaligus menyatakan siap menyumbang komisi anti korupsi, jika Komisi III Dewan perwakilan Rakyat ngotot tidak mau menyetujui anggaran pembangunan gedung baru yang sudah diajukan sejak tahun 2009 lalu. “Ini adalah aspirasi rakyat, KPK tidak bisa menolak. KPK

bisa menerima ini bukan gratifikasi,” kata Romo Benny. Karena itu, Benny meminta agar KPK tidak perlu menggubris DPR yang tak mau menggolkan anggaran gedung. Dia juga menyarankan agar pengumpulan dana diserahkan ke ICW. “Kita serahkan ke ICW saja. Mereka kan dibiayai oleh rakyat juga,” ujarnya. Tak hanya di Jakarta, gerakan rakyat pun terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta.warga yang dimotori Jogja Corruption Watch (JCW) membuka posko peduli “Koin untuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)” di simpang empat Tugu Yogyakarta. Mereka mengajak warga Yogyakarta untuk bersama-sama mengumpulkan koin untuk menyumbang pembangunan gedung baru KPK. Berbekal kotak kardus dan periuk tanah liat bertuliskan ‘Koin untuk KPK’, mereka menerima sumbangan uang dari para pengguna jalan di kawasan Tugu Yogyakarta. Mereka menyodorkan kotak sumbangan saat lampu pengatur lalu lintas menyala merah. “Kami membuka posko peduli “koin untuk KPK” sebagai bentuk keprihatinan dan sindiran kami terhadap kasus ini,” kata Kepala Divisi Pengaduan Masyarakat JCW, Baharuddin Kamba kepada wartawan di sela-sela aksi. Menurut Bahar pembangunan gedung baru KPK memang perlu dilakukan. Namun justru Komisi III DPR RI menunda dan tidak memberikan rekomendasi pembangunan gedung tersebut. “Kami juga tidak ingin ada barter antara KPK dengan DPR. Kasuskasus yang di tangani KPK seperti kasus Hambalang, Century, Wisma Atlet juga harus segera dituntaskan,” tegasnya. (dt/tp/arw)

KORBAN TEMBAK: Wakil Direktur bidang pelayanan medik RSUZA Banda Aceh HM Andalas (tengah) memantau kondisi pasien luka tembak dibagian pipinya yang sedang dirawat diruang IGD RSUZA Banda Aceh, Selasa (26/6).

FOTO: BM/ANTARA

Dua Korban Penembakan Mulai Membaik Aksi...

SAMBUNGAN HALAMAN 1

Korban yang terkena tembakan bernama Syarifuddin atau sering di panggil Yahdin. Yahdin yang juga warga Sungai Lueng kecamatan Langsa Timur terkena peluru di bagian mulut. Sementara seorang lagi juga mengalami luka tembak adalah Patek alias Raja Muda. Sumber lain menyebutkan Yahdin sering menyopiri sebuah mobil Blazer yang seluruhnya dibalutin warna merah Partai Aceh. Sebelumnya selepas pelantikan Gubernur terpilih oleh menteri dalam negeri di gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPRA) drh. Irwandi yusuf mantan Gubernur Aceh dan menjabat sebagai penasihat Partai Lokal Nasional Aceh (PNA) dipukuli. Sejumlah media menyebutkan pemukulan tersebut dilakukan oleh anggota Partai Aceh, namun jubir Partai Aceh Fakrurrazi membantah itu dilakukan oleh anggota Partai Aceh. "Apakah penembakan ini terkait dengan peristiwa pemukulan Irwandi yusuf, belum dikaitkan. Ini peristiwa yang berbeda," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Polisi Boy Rafli Amar dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (26/6). Boy memaparkan peristiwa

penembakan terhadap dua kader Partai Aceh saat mereka sedang mengendarai mobil jenis jeep berwarna merah dengan nomor polisi BK 1027 FW. Tibatiba ada sebuah motor yang dikendarai dua orang tak dikenal mendekati mobil tersebut dan langsung meletuskan tembakan ke arah dua orang tersebut. Saat ini dua orang kader Partai Aceh ini masih kritis karena mengalami luka tembak di bagian dada. Mereka sedang dirawat di Unit Gawat Darurat (UGD) RSUD Zaenal Abidin. Dari tempat kejadian perkara (TKP), polisi melakukan olah TKP dan menemukan satu buah magazen, satu buah senjata api jenis f16 dan berisi peluru. "Identitas pelaku masih belum didapatkan, masih dikembangkan petugas kita di lapangan," tegasnya. Saat ini Polda Aceh masih melakukan proses pemeriksaan terhadap empat orang saksi untuk mengumpulkan keterangan dalam peristiwa tersebut. Mengenai pelaku pemukulan, penyidik masih melakukan pengembangan dan penyelidikan. Meski ia mengakui pelaku pemukulan terhadap Irwandi Yusuf di antara empat orang saksi yang sedang diperiksa itu.

Sementara itu, dua kader Partai Aceh yang menjadi korban penembakan saat ini kondisinya mulai membaik. Keduanya masih dirawat di RSU Zainal Abidin Banda Aceh. Syarifuddin sudah menjalani operasi, namun pria yang biasa disapa Ayah Din itu masih belum sadarkan diri. Sementara rekannya, Raja Muda, kondisinya masih stabil dan sudah bisa berbicara. Direktur RSU Zainal Abidin dr Taufik Mahdi mengatakan, Syarifuddin yang mengalami luka tembak di bagian mulut sudah sukses dioperasi oleh tim dokter. "Tadi pagi sudah dilakukan operasi dan berjalan sukses," katanya pada wartawan, Selasa (26/6). Sementara Raja Muda tak dilakukan tindakan apa pun karena kondisinya stabil. Raja Muda hanya mengalami luka serempetan proyektil peluru di bagian perut. Dia kini menjadi saksi kunci. Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Gustav Leo, mengatakan, Raja Muda sudah sehat dan mulai dimintai keterangan polisi terkait kasus penembakan yang menimpa kader Partai Aceh. "Korban yang masih sehat ini sudah mulai tahap dimintai keterangan saja, belum sampai ke pemeriksaan," ujar Gustav. (ant/okz/hdi)

Curiga Rekayasa Penugasan Cakir Wasit...

SAMBUNGAN HALAMAN 1

“Penunjukkan wasit Turki, Cakir, adalah sebuah alarm yang memperingatkan,” begitu tulis media olahraga Portugal, A Bola. Sementara itu surat kabar Record menulis, “Penunjukkan wasit asal Turki itu tak membahagiakan Portugal. Seleccao pantas khawatir oleh pengaruh Angel Villar.” Media Portugal menilai penunjukkan Cakir bisa merugikan A Seleccao bukan lantaran tren kepemimpinan wasit kelahiran Istambul itu. Melainkan, asal muasal penempatan Cakir sebagai pemimpin laga Portugal kontra Spanyol yang diduga direkayasa. Sekadar diketahui, Komisi Wasit UEFA yang mengatur penugasan wasit adalah Angel

Villar. Dia orang Spanyol yang juga Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF). Villar dikenal berkawan baik dengan wakilnya di Komisi Wasit UEFA, Senes Erzik, yang berasal dari Turki. Keduanya dinilai sering berhubungan karena urusan Barcelona dan Unicef. A Bola mengklaim, selama Villar bekerja di Unicef, maka akan sering terlibat dalam pembicaraan sponsor antara badan anak-anak PBB itu di Barcelona. Ini bukan kali pertama pemilihan Cakir dicurigai. Sebelumnya, kecurigaan dirasakan Chelsea kala Cakir ditunjuk Villar memimpin leg kedua semifinal Liga Champions kontra Barcelona, 24 April lalu. Terlepas dari kecurigaan

itu, Cakir nantinya akan ditemani kompatriotnya, Bahattin Duran dan Tarik Ongun, yang bertugas sebagai asisten wasit. Sementara Damir Skomina, pengadil dari Slovenia, akan menjalankan tugasnya sebagai wasit keempat. Sedangkan semifinal kedua antara Jerman dan Italia di National Stadion, Warsawa, Polandia, bakal dipimpin Stephane Lannoy. Wasit asal Prancis ini akan dibantu Frederic Cano dan Annonier, sebagai asistennya. Sementara posisi wasit keempat di pertandingan ini akan ditempati Howard Webb. Dengan penunjukan ini, besar kemungkinan wasit asal Inggris yang berprofesi sebagai polisi itu akan menjadi pemimpin pertandingan di partai puncak. (*/ibn)

Jadi Saksi Kunci Gugatan APBNP Lapindo Lima...

SAMBUNGAN HALAMAN 1

Selain karena karyanya membongkar persekongkolan tingkat tinggi antara dua elite (SBY-Ical), penculikan diduga karena Ali menjadi saksi kunci sidang uji materi di Mahkamah Konstitusi. Taufik menuturkan, awalnya ia berencana meminta perlindungan ke Badan Reserse Kriminal Polri untuk meminta perlindungan. “Namun bareskrim menyarankan langsung ke Kapolri. Jadi saya langsung serahkan berkas ke Kapolri sore (kemarin),” ujar Taufik. Gugatan uji materi itu sudah disidangkan perdana oleh MK pada Jum’at (15/6) lalu dan masih menuai perdebatan. “Kami meminta Mas Ali untuk hadir (dalam uji materi) karena tim membutuhkan Mas Ali,” kata M. Taufik Budiman dalam konferensi pers di Jakarta. Taufik mengatakan sebagian data yang dicantumkan dalam bukuyangditulisAli,bisadijadikan argumen gugatan. Di antaranya soal semburan lumpur lapindo adalah operational default, bukanlah bencana alam. Hal ini

tentu berbeda dengan penetapan pemerintah yang menyatakan semburan lumpur Sidoarjo merupakan bencana alam. “Kita ingin meluruskan dari sisi hukum. Sementara datadata buku yang asli dipegang Ali Azhar Akbar,” katanya. Taufik mengatakan tim penggugat UU APBN-P 2012 sebenarnya sering berkomunikasi dengan Ali Azhar. Namun, komunikasi selalu dalam konteks uji materi. “Komunikasi ini sebenarnya hal yang biasa dalam konteks penanganan perkara untuk menyempurnakan materi gugatan ke MK,” ujarnya. Ali dilaporkan hilang sejak Jum’at (22/6) lalu. Pemohon uji materi Pasal 18 APBN P untuk lapindo itu diketahui hilang setelah dilaporkan tak hadir dalam bedah buku “Lumpur Lapindo File: Konspirasi SBYBakrie” di Bandung. Kecurigaan Taufik Budiman muncul semenjak buku karya Ali beredar dan roadshow digelar di kampus-kampus, ancaman via SMS atau telepon kepada Ali

terus berdatangan. “Pak Ali sempat menyampaikan ada beberapa telepon dan sms yang masuk dan bernada ancaman dan teror. Nomernya tidak dikenal. Saat itu kami berpikiran itu hal yang wajar karena belum ada ancaman yang serius kepada Pak Ali,” kata Taufik. Taufik mengatakan, pihaknya berasumsi dua hal mengenai menghilangnya Ali Azhar. Pertama, Ali memang dihilangkan paksa. Kedua, Ali bersembunyi karena takut menghadapi ancaman. Menurut Taufik, Ali kerap mendapatkan telepon dan pesan pendek yang berisi ancaman dan teror. Namun ia berharap Ali tidak benar-benar diculik. Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol Saud Usman Nasution ketika dihubungi mengaku belum mengetahui permintaan perlindungan keamanan itu. Namun jika ternyata benar ada permintaan, polisi akan mempelajari terlebih dahulu permasalahanya. Setelah itu menentukan siapa yang akan memberikan perlindungan keamanan. “Bisa Polda, Polres, atau Polsek,” ujarnya. (tp/mol/arw)

Gdansk Poznan

Warsaw

POLANDIA

Kiev

Wroclaw

Lviv

Kharkiv

UKRAINA

Donetsk

8

RABU, 27 JUNI 2012

AROMA

EL CLASICO

PERSAINGAN LEVEL KLUB: Pepe (kiri) dan Xavi (kanan) kembali berhadapan ketika masing-masing membela timnas. Sebelumnya, keduanya sudah saling mengenal seiring persaingan Real Madrid dan Barcelona.

POZNAN, (BM) – Bukan hanya rivalitas Semenanjung Iberia yang kian memanaskan semifinal pertama Euro 2012 antara Portugal melawan Spanyol. Aroma persaingan dua klub raksasa Spanyol, Real Madrid dan Barcelona juga kian kental seiring keberadaan para pemain kedua klub yang akan bentrok di Donbass Arena, Donestk (Siaran Langsung RCTI Kamis 1.45 WIB). Bintang Cristiano Ronaldo, Fabio Coentrao, serta Pepe akan membela Portugal. Sedangkan Spanyol akan mengandalkan penggawa Barca macam Xavi, Iniesta, Xabo Alonso dan Cesc Fabregas. Wajar apabila Fabregas juga sebut laga ini sebagai El Clasico. Seperti dilansir oleh The Sun (26/6), mantan pemain Arsenal tersebut menganggap gaya bermain Portugal mencerminkan karakter Real Madrid saat menyerang. Tim asuhan Paulo Bento mempunyai pergerakan yang eksplosif di bagian lini depan. Hal demikian cukup mendasar mengingat Portugal sering melakukan serangan sporadis lewat lini sayapnya. Gaya permainan sama yang biasa diterapkan Jose Mourinho di Real Madrid. Di sisi lain, Fabregas juga tidak menampik dominasi Barcelona di kekuatan El Matador. Walau pun sebenarnya banyak juga pemain El Real yang menghuni skuad Spanyol. “Anda dapat menyamakan dan bandingkan dengan Real Madrid-Barcelona dalam hal gaya masing-masing tim. Tapi ada pemain yang berbeda dan kami juga memiliki pemain dari banyak tim sehingga tidak akan sama,” tegasnya. Real Madrid memasukkan beberapa nama di skuad Spanyo. Seperti Iker Casillas, Alvaro Arbeloa, Sergio Ramos, dan Xabi Alonso. Dengan beberapa perbedaan, Fabregas tetap mengakui Spanyol adalah kultur permainan Pep Guardiola sedangkan Portugal (walau dilatih oleh Paulo Bento) adalah dominasi strategi

Jose Mourinho. “Portugal memiliki serangan balik yang kuat, tetapi jika aku seorang pelatih dan menghadapi Nani dan Cristiano Ronaldo, maka aku akan bermain seperti itu juga,” kata Fabregas. Di sisi lain, Ronaldo sendiri mengaku tidak merasakan tekanan berlebihan jelang laga nanti. Dia juga menegaskan bahwa pengalamannya sebagai pemain papan atas dunia selama 10 tahun terakhir turut membuatnya optimistis menatap laga tersebut. “Tidak ada tekanan meski menghadapi Spanyol. Saya sudah bermain di level tertinggi selama 10 tahun, baik di kompetisi klub maupun internasional,” kata Ronaldo kepada situs resmi UEFA. Di dua pertandingan awal, kemampuan Ronaldo sempat diragukan. Tak satu pun gol yang disumbangkan ketika melawan Denmark dan Jerman di babak penyisihan Grup B. Namun, keraguan itu dijawab Ronaldo saat bersua dengan Belanda dan mengantarkan Portugal ke semifinal setelah mengalahkan Ceko. Kini, pemain yang dijuluki CR7 ini mengoleksi tiga gol bersama dengan penyerang Jerman, Mario Gomez. (*/ibn)

FOTO-FOTO: BM/DAYLIFE

Belajar dari Lisbon DONETSK, (BM) – Status sebagai tim yang lebih diunggulkan ketimbang Portugal tidak membuat Spanyol jemawa. Bisa jadi, “La Furia Roja” juga mendapatkan tekanan mental menghadapi tim yang pernah menghajar mereka 0-4 di pertemuan terakhir. Setelah menundukkan Portugal 1-0 di perdelapan final Piala Dunia 2010, Spanyol dibalas dengan kekalahan 0-4 di laga ujicoba pada 18 November pada tahun yang sama di Estadio Da Luz, Lisbon. Bek tengah Spanyol, Gerard Pique, mengakui kekalahan di Lisbon itulah yang harus dijadikan pelajaran timnya saat menghadapi Cristiano Ronaldo dkk.

“Kekalahan itu tidak menyakitkan tapi jelas itu adalah pertandingan yang harus kami ingat. Mereka minim kesalahan sedangkan kami sebaliknya jadi kami harus menganalisanya,” ucap bek Barcelona ini kepada Reuters. “Kami harus menampilkan performa seperti saat tampil di Piala Dunia, di mana aku pikir kami tampil sangat bagus,” kata dia. Ronaldo dan Nani akan menjadi motor serangan Seleccao das Quinas. Pique menyadari bahwa penting bagi timnya untuk bisa meredam pergerakan dua pemain lincah tersebut. “Kami harus percaya diri dan mempertahankan permainan

kami yaitu mengontrol bila dan menguasai pemilikan bola,” sambung Pique. “Di atas semua itu, kami harus sangat waspada dengan ancaman dari pemain sayap mereka Cristiano Ronaldo dan Nani. Kami tidak boleh memberikan mereka ruang karena jika mereka menemukannya mereka sangat berbahaya,” demikian ucapnya. Khusus 20 tahun terakhir, kedua tim menunjukkan statistik pertemuan berimbang. Dicatat Soccerway, sejak 1992 Spanyol dan Portugal telah berjumpa sebanyak tujuh kali. Masing-masing tim menang dua kali, sedangkan tiga sisanya imbang. (*/ibn)

Del Bosque Akui Ronaldo Unik DONETSK (BM) – Pelatih Spanyol Vicente del Bosque meyakini bintang Portugal, Cristiano Ronaldo merupakan pemain unik. Oleh sebab itu, pelatih kawakan itu berniat menugaskan pemainnya untuk memberian perhatian ekstra pada Ronaldo dalam bentrok semifinal Euro 2012, Kamis dinihari WIB (28/6). Ronaldo mencetak dua gol ketika Por-

Vicente del Bosque

tugal mengalahkan Belanda untuk merebut tiket ke perempat-final. Dia juga menjadi menjadi penentu kemenangan atas Republik Ceko di delapan besar, sehingga bertemu La Furia Roja di semi-final. Del Bosque mengakui ada ancaman yang bakal diberikan Ronaldo. Namun Del Bosque yakin timnya bisa mematikan Ronaldo bila dijaga dengan baik. “Portugal punya pemain yang sangat kuat dan bertenaga di belakang, serta dua bek yang mampu membantu serangan,” ungkap Del Bosque kepada Radio Onda Cero. “Mereka tidak perlu terlalu banyak bermain, karena lewat serangan balik, mereka bisa mengirimkan umpan panjang kepada Ronaldo. Sudah jelas Cristiano pemain unik, dan tak ada pemain seperti dia,” lanjut Del Bosque. “Saya ingin pemain kami melakukan penjagaan terhadap dia, dan jangan biarkan dia bermain. Pemain lainnya akan membantu, dan waspada jika mereka menguasai bola kembali. Jangan biarkan mereka mendapatkan ruang untuk menyerang,” tegas Del Bosque. (*/ibn)

FOTO: BM/DAYLIFE

RESPON CERMAT: Portugal mampu bangkit untuk meraih kemenangan setelah sebelumnya tertinggal lebih dulu.

Bahaya Babak Kedua TIGA kemenangan dan satu hasil imbang mengiringi langkah Spanyol menuju semifinal Euro 2012. Dari empat pertandingan itu, delapan gol berhasil digelontorkan pasukan Vicente del Bosque. Lima di antaranya dicetak setelah laga berlangsung 60 menit (babak kedua). Ini akan berhadapan dengan kemampuan Portugal yang cukup cermat merespon keadaan. Ya, Del Bosque terkenal dengan kemampuannya meramu strategi andal untuk tim yang dibesutnya. Kejelian Del Bosque terbilang efektif saat melakukan pergantian pemain. Empat pertandingan di Euro 2012, Spanyol selalu melakukan pergantian pemain di atas menit ke-60. Hasilnya terbukti tepat. Irlandia, Kroasia, dan Prancis merasakan keampuhan taktik Del Bosque. Hanya Italia yang mampu menahan laju pemain pengganti Spanyol. Namun tetap saja, gawang Gianluigi Buffon bisa dibobol oleh Cesc Fabregas pada menit ke-64. Ketika melawan Irlandia, Del Bosque memasukkan Javi Martinez menggantikan Xabi Alonso pada menit ke-60. Lalu, Cesc Fabregas dan Santi Cazorla masing-masing pada menit

ke-74 dan ke-80. Sepuluh menit setelah Fabregas main dan kemudian menambah pundi-pundi gol sekaligus menutup laga dengan kemenangan 4-0 untuk Spanyol. Jelang pertandingan semifinal melawan Portugal, taktik Del Bosque khususnya di lini depan masih tanda tanya. Del Bosque bisa saja memainkan Fernando Torres atau bahkan memasang Fabregas sebagai “si nomor 9”. Tetapi yang pasti, Portugal harus lebih fokus kala Del Bosque mulai melakukan pergantian. Sebab, para pemain Spanyol yang masuk ke lapangan bisa saja menjadi pembawa derita “Seleccao” di Euro 2012. Di sisi lain, Portugal selalu terlambat panas dalam memulai sebuah pertandingan. Finalis Euro 2004 ini mencetak gol di tengah pertandingan atau membalas gol lawan. Portugal memang bisa dibilang bagus dalam merespons sebuah keadaan. Kemenangan atas Belanda dan Denmark lahir setelah lawan memimpin terlebih dahulu. Namun, Portugal kurang tenang dalam merespon gol Jerman di fase grup sehingga pertandingan berakhir dengan kekalahan. (*/ibn)

PRAKIRAAN CUACA HARI INI

TELEPON PENTING SURABAYA: PMK Surabaya 031-3533843-44 Polda Jatim (031) 8280748 Polrestabes Sby (031) 3523927 Polres Tanjung Perak(031) 3293023

SIDOARJO

MALANG

CERAH BERAWAN

CERAH BERAWAN

SUHU : 24 - 32 °C KELEMBABAN : 58 - 90%

SUHU : 20 - 32 °C KELEMBABAN : 50- 92 %

GRESIK

MOJOKERTO

CERAH BERAWAN

BERAWAN

SUHU : 24- 33 °C KELEMBABAN :57 -88%

www.kabarmetro.com

SUHU : 18 - 30 °C KELEMBABAN : 62 - 91% Sumber: BMKG Indonesia

RABU, 27 JUNI 2012

396 Perusahaan Kemplang Dana

Jamsostek

BELUM BAYAR RP 7,8 M

Ribuan pekerja di Surabaya terancam klaim Jamsosteknya tidak terbayar di tahun 2012. Potongan gaji sebagai iuran wajib tiap bulannya, tidak berlanjut ke PT Jamsostek sebagai instansi yang bertanggung jawab mengelola hasil keringat pekerja. SURABAYA, (BM)- PT Jamsostek (Persero) wilayah VI yang meliputi Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara hingga Mei 2012 mencetak prestasi. Sebanyak 163.295 orang tenaga kerja dari 1.885 perusahaan, masuk sebagai peserta baru untuk program paket. Realisasi itu mencapai sekitar 50,3 persen dari target yang ditetapkan pada tahun ini sebanyak 326.380 tenaga kerja. Namun dibalik prestasi itu, ada ironi yang terselip. Yakni kisah tentang keenggganan perusahaan membayar dana Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek). Kewajiban yang seharusnya dilakukan sesuai Undang Undang nomor 3 Tahun 1993 tentang Jamsostek. Di Surabaya, hingga jelang berakhirnya semester pertama tahun 2012, tercatat Rp 7,8 miliar tanggungan tidak dibayarkan. Hal itu terungkap melalui data yang disebut dalam catatan Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya. Menurut Kasi Datun Kejari Surabaya, Jauharul Fushus, beberapa bulan lalu pihaknya memang telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan PT Jamsostek di Surabaya mengenai penagihan dana yang ngendon di sejumlah perusahaan. MoU itu juga ditandatangani tiga cabang kantor perusahaan asuransi milik negara di Surabaya, yakni Jamsostek Darmo, Karimun Jawa dan Rungkut.

FOTO:BM/MADJI

Djamaludin

FSPMI Nilai Tunggakan Jauh Lebih Besar POTENSI kerugian negara sebesar Rp 7,8 miliar yang belum dibayarkan perusahaan peserta Jamsostek di Surabaya, menurut Koordinator Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Djamaludin, sebenarnya bisa jauh lebih besar. Data yang dimiliki FSPMI, sekitar 396 hanya sebagian kecil dari data yang dimilikinya. Yang bikin miris, jumlah itu mencapai 5 persen dari total 30 juta buruh yang berhak mendapat Jamsostek. Karenanya, isu tunggakan dana sosial itu selalu didengungkan tiap melakukan aksi turun ke jalan. “Jamsostek merupakan BUMN yang memang mengurusi masalah jaminan sosial buruh. Namun, ketika total Rp 8 miliar tadi terungkap, masalah besar yang dihadapi bukanlan kerugian negara, melainkan puluhan juta buruh belum disejahterakan dengan penghasilannya yang dikemplang oleh perusahaan,” tegas Djamaludin kepada Berita Metro. Djamaludin juga menyentil instansi pemerintah yang dinilai tidak bisa bersikap tegas.

 HALAMAN 15

 HALAMAN 15

PENCEMARAN PG GEMPOLKREP

DPRD Revisi Perda PPA SURABAYA, (BM)– Pencemaran Kali Surabaya yang mengganggu ekosistem dan perekonomian nelayan, membuat DPRD Jatim berencana akan merevisi Peraturan Daerah (Perda) 2/2008 tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air. Perda tersebut dianggap sudah tidak sesuai dengan kadaan saat ini. Anggota Komisi D Irwan Setiawan mengatakan, Perda itu tidak sesuai dengan UU 32/2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Selain itu juga perlu disinkronkan dengan Peraturan Pemerintah No. 5/2012 tentang lingkungan hidup. “Perda perlu direvisi karena sudah ada UU 39/2009 lingkungan hidup. Sekarang yang ditindak lanjuti itu tentang pengelolaan sampah. Karenanya Komisi D akan melakukan kajian terhadap Perda 2/2008 tersebut,” katanya, Selasa (26/6).  HALAMAN 15

KRIMINAL

Larangan Salat Jumat

Karyawan Toko Hasil Dikecewakan DPRD Surabaya SURABAYA, (BM)- Puluhan pekerja dari Serikat Buruh Kerakyatan (SBK), mendatangi ruangan Komisi D DPRD Surabaya, Selasa (26/6). Tujuannya untuk mengadukan nasib rekan-rekannya yang bekerja di Toko Hasil yang juga

pemilik PT Hasil Fastindo di Jalan Semarang, Surabaya. Hal itu terkait dengan kebijakan larangan Salat Jumat yang ditetapkan Ongko Digdojo, pemilik Toko Hasil. Juru bicara SBK, Mahfud Zakaria mengatakan, larangan itu su-

dah berlangsung bertahun-tahun. Pengaduan bahkan sudah berulang kali dibuat ke instansi terkait.  HALAMAN 15 TUNTUT HAK: Pekerja Toko Hasil menggelar aksi damai menuntut hak untuk beribadah FOTO:BM/MADJI

Pilgub 2013 Jatim

Jamkesda

PKS Siapkan Rambu untuk Pakde

Anggaran Empat Daerah Habis

SURABAYA, (BM) - Dengan catatan tidak meninggalkan amanah, PKS memperkuat dukungan partai politik kepada Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Soekarwo. “Artinya setelah terpilih, beliau wajib memegang komitmen untuk tetap menjadi gubernur hingga lima tahun, bukan setahun kemudian menjadi Wapres atau Menteri saat dipinang,” kata Ketua DPW PKS Jatim, Hamy Wahjunianto, Selasa (26/6). Tambahan syarat itu terlontar setelah beberapa waktu belakangan santer rumor Pakde Karwo digandeng Demokrat menuju kursi elit

FOTO:BM/DOK

Hamy Wahjunianto

di Jakarta. Hamy mengakui, Pilgub Jatim rentan terganggu konstelasi politik nasional. Apalagi peminat pada kemampuan Soekarwo bukan hanya datang dari PKS dan Demokrat saja. Ketua alumnus Kedokteran Hewan Unair itu bahkan menyebut perkembangan internal Demokrat bisa mengubah perjalanan karir mantan Sekdaprov Jatim tersebut. “Tentunya sulit bagi kami mengusung sebuah calon yang kami ketahui hanya duduk sebagai Gubernur selama satu tahun, dan kemudian maju ke pusat. Bagaimana pertanggungjawaban kami ke  HALAMAN 15 konstituen,” tandasnya.

SURABAYA, (BM)- Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang pembiayaannya ditanggung Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Pemerintah Kota (Pemkot) di beberapa daerah di Jawa Timur kritis. Empat daerah diketahui sudah kehabisan anggaran, enam lainnya terancam habis. Kepala Dinas Kesehatan Jatim, Budi Rahayu mengatakan, anggaran yang habis dari Jamkesda hanya yang berasal dari pemprov.

 HALAMAN 15

Tolak Kampanye Kondom Gratis FOTO:BM/ MADJI

TERHENTI: Pelarian Annete berakhir di Rumah Kos anak angkatnya di daerah Tenggilis, Surabaya.

Buron Kejari Manado Diringkus di Surabaya SURABAYA, (BM)- Setelah diintai berharihari, seorang notaris yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Kejaksaan Negeri (Kejari) Manado akhirnya tertangkap, Selasa (26/6). Okky Annete Kahimpong, terpidana kasus penggelapan dalam jabatan ini diringkus dî rumah kos anak angkatnya di Jalan Rungkut Mejayo Utara Blok A1 Nomor 4, Surabaya, sekitar pukul 17.30 WIB. Terpidana kasus penggelapan sertifikat tanah ini tertangkap di rumah kos Rama, mahasiswa Fakultas Hukum Ubaya. Begitu rumah itu digrebek, buronan kejari Manado ini langsung dibawa ke kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur, dan rencananya akan diterbangkan hari ini juga ke Manado.  HALAMAN 15

Pelajar HTI Jatim Sebut Ada Konspirasi Asing Gebrakan Menkes RI Nafsiah Mboi untuk menanggulangi baby booming akibat pergaulan bebas, mulai menyulut reaksi dari daerah. Di Surabaya, ratusan pelajar yang tergabung dalam HTI Jatim turun ke jalan memprotes kebijakan itu. SURABAYA, (BM) – Maksud baik Menteri Kesehatan RI yang baru dilantik, Nafsiah Mboi mengampanyekan penggunaan kondom pada kelompok berisiko tinggi terhadap penyakit HIV/

AIDS dan hubungan seks bebas di luar nikah pada generasi muda Indonesia, dinilai bukan langkah tepat. Tak heran, sekitar 350 pelajar dan mahasiswa dari berbagai sekolah dan kampus yang tergabung dalam Hizbut Tahrir Indonesia menolak program kondomisasi yang digagas Kemenkes. “Rencana Kemenkes mengampanyekan kondomisasi itu merupakan solusi SekulerismeKapitalisme dalam mengatasi dampak buruk perilaku seks bebas. Solusi tersebut jelas bathil dan justru menjerumuskan bangsa Indonesia ke jurang kehancuran,” terang Toni salah satu mahasiswa IAIN Sunan Ampel Su-

FOTO:BM/ TOVAN BEKA

DEMO TOLAK KONDOMISASI: Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) sektor kampus di Surabaya menyerukan penolakan terhadap kebijakan Menteri Kesehatan soal kondomisasi ke remaja, Selasa (26/6). Aksi ini diikuti sekitar 300 orang terdiri dari mahasiswa, dosen dan intelektual berlangsung damai.

rabaya, Selasa (26/6). Ditegaskan Toni, kebijakan itu justru akan menyuburkan praktik seks bebas di masyarakat. Seharusnya sebagai negara yang agamis, Kemenkes RI memerangi budaya seks bebas dengan pendekatan agama, karena di agama manapun seks pranikah itu dilarang. “Seks bebas itulah yang harus diperangi, bukan malah menyerukan penggunaan kondom. Sebab itu sama saja melegalkan seks bebas asal memakai kondom. Rencana kebijakan Kemenkes wajib ditolak. Kami juga berharap seluruh elemen masyarakat ikut bersatu menolak rencana tersebut,” harapnya.  HALAMAN 15

RABU, 27 JUNI 2012

TRANSPORTASI

Bus Perempuan Diluncurkan Juli SURABAYA, (BM) - Dinas Perhubungan Surabaya pastikan awal Juli, bus khusus perempuan akan diluncurkan. Kepastian ini disampaikan Eddi Kadis Perhubungan Surabaya, sesudah memastikan kesiapan armada bus yang akan digunakan untuk melayani penumpang khusus perempuan. Menurut Eddi, bus itu sekarang sedang dipersiapkan dan akan dilucurkan sesudah semua persiapan armadanya pasti karena yang akan digunakanbusDamriber-AC.Bus-busitumerupakan bus bantuan dari Kementrian Perhubungan dan diperkirakan untuk tahap awal, ada sekitar enam sampai sembilan bus yang akan dioperasikan. Meskipun jumlahnya sedikit, tapi frekuensinya yang akan lebih ditingkatkan untuk melayani penumpang yang akan menggunakan jasa khusus bus perempuan. Untuk tahap awal, bus khusus peremmpuan itu akan melayani rute Purabaya sampai Perak, melewati Ahmad Yani, Wonokromo, Darmo, Urip Sumohardjo, Basuki Rachmat dan Tunjungan ke arah Perak. Rute itu dipilih karena dinilai banyak perempuan akan menggunakan sarana bus khusus perempuan yang tujuannya untuk mengurangi aksi pelecehan pada kaum perempuan. (ss/epe)

POLEMIK KBS

FOTO: BM/TOVAN BEKA

TAMBAHAN: Atraksi gajah koleksi KBS.

Walikota Turunkan Tiket Masuk SURABAYA, (BM) - Ada wacana harga tiket masuk Kebun Binatang Surabaya (KBS) akan naik dari Rp 15 ribu menjadi Rp 30 ribu. Namun, Walikota Surabaya justru berencana menurunkan harga tiket masuk KBS. “KBS itu bukan profit oriented. Sekarang anak Surabaya susah mencari ayam,” kata Tri Rismaharini usai rapat paripurna di gedung DPRD Surabaya, Selasa (26/6). Walikota wanita pertama Surabaya ini justru mengatakan, ada rencana pengembangan buka malam hari dengan menampilkan menampilkan koleksi binatang nocturnal (hewan malam). Selain itu menyediakan wahana baru dan menampilkan binatang khusus laut (sea world). Untuk mendukung rencana tersebut, membutuhkan penerangan (lampu), binatang malam hari dan sea world. “Tiket tetap. Cuma mungkin ketika masuk ke tempat khusus itu bayar lagi,” tuturnya. Bahkan, KBS akan menurunkan tarifnya seperti tiketmasukkebunbinatangdiJakartayangharganya hanya Rp 4 ribu. “Bahkan saya ingin menurunkan. Di Jakarta saja bisa Rp 4 ribu,” jelasnya. (dts/epe)

10

METRO SURABAYA

M Syaifi: Kader dulu milih caleg PKB juga dengan harapan yang dicoblos bisa duduk di DPRD.

Jelang Pileg 2014 Surabaya

Kursi Kosong F-PKB jadi Sorotan Pasca penangkapan Ketua DPC PKB Musyafak Rouf oleh Kejaksaan Agung, membuat posisi satu kursi di DPRD Surabaya lowong. Kondisi itu dikhawatirkan berimbas pada Pileg 2014. SURABAYA, (BM) - Kekosongan posisi akibat ditahannya Musyafak Rouf dalam kasus jasa pungut (japung) mendapat perhatian dari M. Syaifi. Salah satu kader partai berlambang bola dunia itu khawatir, jika kekosongan tersebut terus dibiarkan, dikhawatirkan dapat berimplikasi pada perolehan kursi PKB pada Pileg 2014. "Terus terang kekosongan posisi wakil ketua dewan yang sebelumnya diduduki Pak Musyafak sebagai kader PKB ini dikhawatirkan berimbas ke perolehan suara pemilu mendatang. Banyak kader di bawah bertanya-tanya kok tidak segera diisi. Kader dulu milih caleg PKB juga dengan harapan yang dicoblos bisa duduk di DPRD," kata Syaifi ditemui di gedung dewan Surabaya, Selasa (26/6). Menurut dia, kader yang bisa menggantikan jatah kursi PKB tidak harus menjadi wakil ketua. Namun bisa sebagai anggota biasa. Kursi Musyafak biar diganti-

kan kader PKB yang lebih dulu menyandang predikat wakil rakyat. Bahkan dirinya mengaku, guna memperjuangkan masalah ini, dirinya sempat ke Jakarta menemui para elite PKB. "Sekitar dua pekan lalu saya sempat ke Jakarta. Saya bertemu Pak Imam Nachrowi (Sekjen DPP PKB) dan Pak Muhaimin Iskandar (Ketua Umum DPP PKB)," ungkap mantan Sekretaris Dewan Syuro DPC PKB Surabaya tersebut. Syaifi menuturkan, dari hasil pertemuan tersebut, baik ketua DPP PKB, Muhaimin Iskandar, maupun Imama Nahrowi memintanya menemui Halim Iskandar selaku Ketua DPW PKB Jatim sekaligus Ketua Caretaker DPC PKB Surabaya. "Saya sudah menemui Gus Halim (Halim Iskandar). Versi Gus Halim, upaya mengisi kekosongan jatah kursi PKB di DPRD Surabaya bisa dilakukan tanpa melalui proses PAW (Pergantian Antar Waktu)," klaim Syaifi. Lebih jauh, Syaifi yang pada pemilihan caleg lalu berada satu daerah pemilihan (dapil) dengan Musyafak Rouf, yakni dapil III (Kecamatan Mulyorejo, Sukolilo, Rungkut, Tenggilis Mejoyo, Gunung Anyar) berharap aspirasi kader didengar. "Banyak kader yang bertanya-tanya ke saya, hingga ak-

hirnya saya sempat bertanya ke Jakarta, kemudian disarankan ke DPC PKB Surabaya. Namun sampai sekarang ketua caretaker DPC PKB belum bersikap," tanyanya. Menurutnya, dengan sisa efektif periode dewan 2009-2014 berkisar 2 tahun lebih sedikit. Atas nama kader PKB, Syaifi minta siswa waktu ini dimanfaatkan semaksimal mungkin. "Partai yang akan rugi jika kekosongan tidak segera diisi. Bisa-bisa kader di bawah kecewa,"tegasnya. Sementara itu, hingga berita ini ditulis Ketua DPW PKB Jatim sekaligus Ketua caretaker DPC PKB Surabaya Halim Iskandar belum bisa memberikan keterangan. Nomor handphonenya yang dihubungi tak kunjung diangkat. Dikonfirmasi via pesan singkat juga belum dibalas. Terpisah, Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Surabaya Agus Santoso menegaskan PAW Musyafak tergantung DPC PKB Surabaya. "Selagi ada surat dari partainya, maka BK bisa proses. Proses PAW tidak memerlukan waktu lama. Cuma itu tadi, harus ada surat dari partainya,"kata Agus. Sebelumnya, Ketua DPRD Surabaya Wishnu Wardhana memperingatkan DPC PKB Surabaya untuk siap-siap menyikapi PAW

FOTO: BM/MADJI

PENUTUP KARIR: Musyafak ketika dibawa petugas dari kejaksaan.

atas diri Musyafak Rouf. Jika respon cepat tidak segera dilakukan, maka PKB yang akan mengalami kerugian. "Partai yang akan mengalami kerugian jika PAW tidak direspon. Kursi wakil ketua dewan (sebelumnya diduduki Musyafak dan menjadi hak PKB) akan kosong," tandas Wishnu. Kendati demikian, Wishnu mengaku PAW tidak bisa serta merta langsung dilakukan. Semua butuh proses. Namun dia mengingatkan PAW menjadi keharusan atas setiap anggota dewan yang kesandung kasus hukum dan

telah berkekuatan hukum tetap. "Kita di DPRD tetap mengikuti rule of law yang ada. DPRD ini memiliki aturan, pertama adalah undang-undang susduk, susunan kedudukan DPRD, DPR dan DPD. Itu undang-undang nomor 27 tahun 2009, dan peraturan pemerintah sebagai aturan pelaksanaan undang-undang itu, yaitu di PP 16 tahun 2010. Intinya pada pasal 102 sampai 112 di PP nomor 16 menyebutkan bahwa seorang anggota DPRD bisa diberhentikan," jelas politisi dari Partai Demokrat ini. (bmb/epe)

TES MASUK RSBI Siswa yang masuk RSBI di SMPN 1 Surabaya harus terlebih dahulu mengerjakan soal Tes masuk yang diwajibkan oleh Dinas Pendidikan Surabaya . Selasa (26/6)

JELANG RAMADHAN

Tempat RHU Wajib Tutup SURABAYA, (BM) - Semua tempat rekreasi dan hiburan umum (RHU) harus tutup mulai awal penetapan Ramadhan. Kebijakan ini diberlakukan Pemkot Surabaya sama seperti tahun-tahun sebelumnya yang juga mengharuskan semua RHU tutup kecuali tempat hiburan tertentu yang sudah ditetapkan dalam Perda. Kepala Bakesbang Linmas Sumarno mengatakan, ada beberapa tempat hiburan yang tetap boleh buka diantaranya, karaoke keluarga, bioskop dan tempat biliar yang direkomendasi KONI hanya untuk ajang latihan. “Khusus selama Ramadhan, jam operasional dari tempat rekreasi dan hiburan umum yang masih boleh buka akan diatur khusus sesuai Perda Rekreasi dan Hiburan Umum. Dengan adanya aturan yang sudah tegas dan jelas itu, diharapkan tidak ada pengusaha RHU yang akan melanggar ketentuan selama Ramadhan,” tegasnya kemarin (26/6). Sebelum Ramadhan datang, semua Pengusaha Rekreasi dan Hiburan Umum serta Pemkot Surabaya akan menggelar seruan bersama tokoh masyarakat yang rencananya akan digelar 9 Juli mendatang. (ss/epe)

FOTO: BM/MADJI

BNN Telusuri Peredaran Narkoba di Kampus-SKPD SURABAYA, (BM) - Kepala Badan Nasional Narkotika Provinsi Jatim Kombes Pol Jan de Fretes memfokuskan pemberantasan narkotika di lingkungan kampus dan kalangan pegawai pada satuan kerja pemerintah daerah (SKPD). “Itu sesuai hasil survei BNN di Jatim pada tahun 2011 bahwa peredaran narkotika yang memberikan kontribusi terbesar yaitu kelompok pekerja 70 persen dan pelajar atau mahasiswa 22 persen,” katanya, Selasa (26/6). Di sela-sela upacara dan pem-

bagian brosur kepada para pengguna Jalan di Kampus Perbanas Surabaya, ia menjelaskan serbuan narkoba terhadap dua kelompok (pekerja dan mahasiswa/pelajar) itu karena mereka secara ekonomi memiliki kemampuan finansial yang baik. “Misalnya, pelajar dan mahasiswa kan bisa minta uang kepada orang tua, sedangkan pekerja merasa perlu meningkatkan stamina kerja dengan narkotika, padahal hal itu tidak benar,” ujarnya. Untuk mengantisipasi peredaran narkoba di kampus, BNNP

sudah membentuk kader penyuluh antinarkoba pada sepuluh kampus, di antaranya STIE Perbanas Surabaya dan Politeknik Kesehatan-Kementerian Kesehatan (Poltekkes - Kemenkes) Surabaya. “Ancaman narkoba harus dihadapi secara bersama-sama. Partisipasi masyarakat utamanya kampus menjadi kata kuncinya, dan adanya kader dari dalam kampus diharapkan lebih memudahkan menyampaikan informasi kepada teman-temannya sendiri,” paparnya. Untuk pegawai atau karyawan,

BNNP Jatim akan membentuk dan menyiapkan kader-kader antinarkoba di masing-masing SKPD di lingkup Pemprov Jatim. “Yang penting, orang tua harus menjaga dan senantiasa memelihara kehidupan yang harmonis dalam rumah tangga dengan jalan menjaga perilaku dan gerak gerik putra putrinya dari hal-hal yang menjurus pada narkotika,” tukasnya. Sementara itu, ratusan mahasiswa STIE Perbanas Surabaya bekerja sama dengan BNNP Jatim membagikan brosur bahaya nar-

kotika kepada para pengguna jalan raya di kawasan Nginden atau di depan kampus Perbanas serta diiringi aksi teatrikal tentang bahaya narkotika kepada masyarakat. “Pembagian brosur bahaya narkotika itu bertujuan agar masyarakat di Surabaya mengetahui tentang bahaya narkotika dan jenis narkotika yang perlu dihindari,” ucap Rektor STIE Perbanas, Prof Tatik Suryani, di sela-sela aksi memperingati Hari AntiNarkoba Internasional (HANI) itu. (ant/epe)

TPA Benowo Bocor

Awas !!! Rembesan Air Lindi Cemari Tambak Garam

Dugaan bocornya air lindi (limbah) dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo, yang mencemari lahan petani tambak garam di kawasan Romokalisari, Benowo dan Pakal serta air laut di pantai utara mendapat perhatian serius anggota DPRD Surabaya. Akibat kebocoran itu, air bahan baku pembuatan garam yang semula bewarna kehijauan, berubah menjadi kecoklat-coklatan dan berbau. SURABAYA, (BM) - Menurut anggota Komisi C Syaifudin Zuhri, berdasarkan laporan petani tambak di sekitar Surabaya Sport Centre (SSC), air Kali Lamong kini berwarna kecoklatan. Air kali yang tenang tersebut tidak mengalir deras sehingga warna kecoklatannya sangat tampak sekali. Para petani tambak di sana memperkirakan, perubahan warna pada air di Kali Lamong itu karena air lindi sampah di

TPA Benowo bocor dan mengalir menuju Kali Lamong. “Kami terkejut melihat Kali Lamong berubah warna. Setelah kami urut-urut ke atasnya, ternyata ada limbah air sampah di TPA Benowo yang bocor ke sungai kecil di sekitar TPA dan air lindi itu mengalir ke Kali Lamong,” ujar Saifudin Zuhri, Selasa (26/6). Menurutnya, biasanya setiap hujan turun, bau lindi sampah dari TPA Benowo meng-

FOTO: BM/TOVAN BEKA

MENUNTUT TANGGUNG JAWAB: Pencemaran akibat kehadiran TPA Benowo meluas hingga ke Teluk Lamong.

ganggu warga Benowo dan bahkan sampai ke Kelurahan Ngipik di wilayah Kabupaten Gresik. “Bau lindi sampah juga menyengat hidung dan sangat

mengganggu sekali, karena udara tidak nyaman,” katanya. Karena itu, pihaknya meminta pemkot bertanggungjawab dengan mencari solusi

untuk keluar dari persoalan itu. Apalagi air lindi dan polusi udara sudah bertahun-tahun mengganggu kenyamanan warga. “Ini baru lindi, belum termasuk polusi sampahnya. Mestinya TPA tidak berada di sana lagi, ini sangat mengganggu sekali,” ujarnya. Politisi PDIP itu mengungkapkan, kasus seperti ini sebetulnya sudah kerap terjadi. Yang terparah di tahun 20072009, air sumur warga di sekitar TPA Benowo, dinyatakan mengandung racun logam berat mercuri sehingga sangat berbahaya jika dikonsumsi. Lebih jauh, pria yang juga menjabat sebagai Ketua FPDIP ini menjelaskan, pencemaran logam berat di sumursumur warga di sekitar TPA Benowo itu akibat kandungan

lindi sampah TPA Benowo. Bahkan, bisa jadi karena akibat dari dalam sampah yang berguguran saat dalam pengangkutan. Cairan limbah berwarna hitam pekat itu meresap ke tanah dan masuk ke aliran sungai di sekitar TPA. “Hal inilah yang menimbulkan adanya kandungan logam berat di dalam air,”katanya. Pemkot harus bertanggung jawab juga didukung anggota Komisi C yang terkenal kritis, Sudirjo. Kalau pemkot menghindar, bakal menjadi bumerang yang setiap saat bisa meledakkan emosi warga. Setahunya, lindi di TPA Benowo pernah bocor dan mengalir ke tambak di sekitar lokasi. Bahkan akibat kejadian tersebut, pemkot pernah didemo masyarakat untuk membayar ganti ru-

gi. “Bila sekarang lindi tersebut bocor lagi dan mencemari lingkungan di sana kami minta Pemkot bertanggung jawab terkait masalah ini,” cetusnya. Menurut Sudirjo, untuk instalasi pengelolaan air limbah (IPAL) sebenarnya tempat pembuangan akhir di Benowo telah memilikinya sejak tahun 2005. IPAL itu sudah mampu menetralisir air lindi sampah Benowo itu. Namun, kalau sekarang lindinya bocor lagi sudah seharusnya pemkot segara turun tangan. Sedangkan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Pemkot Surabaya, Hidayat Syah saat dihubungi lewat ponselnya belum bisa dihubungi. Telepon selulernya ada nada panggilan, tapi tidak diangkat. (bmb/epe)

RABU, 27 JUNI 2012

11

HUKRIM

Kombes Pol Hilman Thayib: Hasil evaluasi itu sudah menunjukkan kenaikkan dalam pengungkapan kasus.

Sindikat Peredaran Ganja Dibongkar Polres Tanjung Perak

PULUHAN PENJAHAT: Kombes Pol Hilman Thayib, Kabid Humas Polda Jatim menunjukkan sepucuk pistol yang digunakan tersangka dalammelakukan aksinya. Polda jatim berhasil meringkus 88 penjahat selama satu bulan ini.

Dikendalikan Penghuni Lapas Madiun SURABAYA, (BM) - Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya berhasil mengungkap sindikat peredaran narkotika yang dikendalikan dari lembaga pemasyarakatan (Lapas). Setidaknya satu kilogram narkotika jenis ganja kering berhasil disita pihak kepolisian. Ditengarai peredaran ganja ini dikendalikan dari dalam Lembaga Permasyarakatan Madiun. “Pelaku utamanya ada di dalam LP dan sedang kami dalami serta berkoordinasi dengan pihak yang berwenang. Barang bukti ganja satu kilogram berhasil kami dapat,” ujar Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Anom Wibowo, Selasa (26/6). Seorang kurir yang berhasil dibekuk bernama Agus Bhakti (24), warga Rungkut Tengah Gg I B/33. Kepada polisi ia mengaku hanya disuruh oleh seorang tahanan bernama Bejo yang menghuni LP Madiun. Anom menjelaskan, untuk mengungkap kasus ini, anggotanya sempat menyamar untuk menjadi pembeli. Tidak hanya itu saja, anggotanya juga membesuk Bejo di tahanan untuk melakukan transaksi jual beli. “Dari sana kami memesannya dan berkomunikasi lebih lanjut melalui telepon. Untuk mendapatkan ganja, pelaku meminta syarat agar uang ditransfer terlebih dahulu sebesar Rp 4 juta,” tutur Anom.

Usai ditransfer, ganja tidak langsung diberikan dan masih harus menunggu tiga hari. Setelah itu, pihaknya mendapat kabar kalau barangnya sudah ada dan diminta berkomunikasi dengan Agus, selaku kurir. “Kami janjian dengan Agus di Terminal Purabaya, namun batal dan bertemu di sebuah rumah kosong di kawasan Menanggal, Surabaya. Barang itu oleh tersangka tidak langsung diberikan, malah ia hanya memberi beberapa gram saja,” tukas mantan Kasatreskrim Polrestabes Surabaya tersebut. Mendapati barang bukti, polisi langsung membekuknya dan Agus tidak bisa melawan. Ia hanya pasrah saat digelandang ke rumahnya untuk menunjukkan barang bukti lebih besar. Awalnya, Agus tidak mau mengaku dan mengatakan tidak memiliki ganja sampai satu kilogram. Di hadapan penyidik, Agus mengaku mendapatkan barang yang dibungkus dengan kertas berwarna coklat melalui jasa titipan kilat dari Bogor. Saat ini polisi masih mendalami kasus ini dan melakukan penyidikan intensif. “Tersangka dijerat dengan pasal undangundang tentang Narkotika dengan Pasal berlapis 111 ayat (2) dan 114 ayat (2) UU RI No. 35 Tahun 2009, ancaman hukuman paling lama 20 tahun penjara,” tandas Anom. (arn/ami)

FOTO: BM/TOVAN BEKA

Sebulan, 88 Penjahat Digulung Polda Jatim Tiga Pelaku Didor, Terbanyak Kasus Curanmor Tercatat sejak awal Juni 2012, Polda Jatim beserta jajaran Reserse Kriminal (Reskrim) berhasil mengungkap 88 pelaku kejahatan. Diantara 88 tersangka ini, 3 pelaku di antaranya dihadiahi timah panas dan 33 jenis barang bukti seperti sepeda motor mobil dan celurit termasuk gunting besar. Jumlah semua ini dari 60 laporan polisi. SURABAYA, (BM) - Saat ditanya apakah temuan ini berarti kinerja empat jajaran kepolisian Polrestabes Surabaya, Polres Gresik, Polres Sidoarjo dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak? Dikatakan Kabid Humas Polda Jatim, Hilman, kasus sebanyak itu terungkap oleh Polrestabes Surabaya dari 42 laporan polisi dengan jumlah 65 pelaku (tersangka) dan berbagai macam barang bukti tercatat 32 seperti ranmor, celurit dan linggis. Sedangkan Polres Gresik mengungkap 6 pelaku, 3 barang bukti sepeda motor serta 102 batang besi dari 6 laporan polisi. Sementara yang diungkap oleh Polres Sidoarjo tercatat 5 pelaku dan barang bukti mobil Xenia dengan 2 laporan polisi. Untuk Polres Pelabuhan Tanjung Perak yang diungkap 3 ranmor dan celurit dengan 12 pelaku dari 10 laporan polisi. “Hasil evaluasi itu sudah menunjukkan kenaikkan dalam pengungkapan kasus. Meski tidak dirinci, namun kita tetap optimis bisa menekan angka kejahatan yang terjadi di Jawa Timur,” ujar mantan

FOTO: BM/TOVAN BEKA

SINDIKAT GANJA: Kapolres Tanjung Perak AKBP Anom Wibowo menunjukkan barang bukti ganja seberat satu kilogram dalam rilis penangkapan sindikat peredaran ganja yang dikendalikan dari Lapas Madiun.

Kapolres Banjarmasin ini. Kombes Pol Hilman Thayib mengatakan jumlah tersangka ini lebih besar dibanding jumlah laporan di empat jajaran yang mencapai 60 buah. Meski begitu, pihaknya masih belum puas dan meminta para personelnya untuk semakin waspada saat momen menjelang bulan Ramadhan. “Personel di beberapa tempat vital akan terus kami tambah, selain itu kami juga mengimbau warga untuk meningkatkan giat siskamling,” kata Kombes Pol Hilman Thayin di Mapolda Jatim, Selasa (26/6). Ratusan barang bukti juga su-

dah disita polisi. Diantaranya yakni 102 batang besi, belasan sepeda motor hasil curian, sebuah mobil, clurit dan sebuah senjata api. “Menjelang momen puasa Ramadhan, kami akan terus meningkatkan pengawasan di berbagai tempat rawan. Kami juga berharap masyarakat dapat berkordinasi dengan polisi agar kasus kriminal dapat terus terungkap,” pungkas Kombes Pol Hilman Thayib. Sementara itu jajaran Subdit IV Resmob Ditreskrimum Polda Jatim juga mengamankan beberapa pelaku Curas dan Curanmor. Ada Tiga tersangka yang berhasil dibekuk. Mereka adalah spesialis pencurian sepeda motor. Ketiga tersangka tersebut adalah Syarizal alias ipin alias ambon warga ManukanSurabaya,MuhammadFendi Setiawan warga Manukan, Sujono alias Jono warga Jombang. (pay/ami)

HASIL UNGKAP TINDAK PIDANA CURAT DAN CURAS POLDA JATIM: 1. POLRESTABES SURABAYA Jumlah Tersangka : 65 orang Barang Bukti : 32 Jenis BB (Ranmor, Clurit, Linggis, dll) 2. POLRES GRESIK Jumlah Tersangka : 6 orang Barang Bukti : 3 Jenis BB (Ranmor, 102 batang besi) 3. POLRES SIDOARJO Jumlah Tersangka : 5 orang Barang Bukti : 1 Jenis BB (mobil Xenia) 4. POLRES PELABUHAN TANJUNG PERAK SURABAYA Jumlah Tersangka : 12orang Barang Bukti : 3 Jenis BB Ranmor dan 1 Clurit

Terbuai Penggandaan Uang, Sembilan PNS Sidoarjo Tertipu Modusnya Mahar Warisan SIDOARJO, (BM) - Hanya karena tergiur penggandaan uang, sembilan orang PNS pimpinan M. Rowi, warga RT 08 RW 02 Pagerwojo, Kauman, Buduran, kena tipu Chusnul Khotimah, warga Pagerwojo melapor ke Polsek Buduran. Kesembilan korban kasus

penggandaan uang setiba di Polsek Buduran, meminta Kapolsek Buduran, Kompol Widarmato segera menindaklanjuti laporan tersebut. Kapolsek Buduran Kompol Widarmanto mengatakan terlapor belum diamankan karena baru melapor korbannya dan masih diselidiki apa ada unsur pidananya atau tidak. "Pasti laporan ini akan segera kita tindaklanjuti," terang Widarmanto, Selasa (26/6). Widarmanto menambahkan

bahwa pihak kepolisian masih meminta keterangan bagaimana kronologisnya dan berapa jumlah kerugian yang korban derita. "Kita masih melakukan penyelidikan dan belum menahan terlapor," tandasnya. M. Rowi salah satu korban penggandaan uang menceritakan kejadian kasus penipuan dengan modus penggandaan uang itu. Sundahyati, istrinya didatangi terlapor Chusnul Khotimah dengan mengaku kalau istrinya menda-

patkan warisan dari neneknya. Mulanya istrinya tak percaya, dan besoknya datang lagi dengan meminta mahar Rp 25 juta sebagai syarat agar uang warisan dari nenek bisa cair. "Setelah itu, istri saya nurut dan seperti kena hipnotis. Sering Chusnul minta uang untuk mahar dan meminta tidak cerita ke siapa-siapa kalau akan dapat uang banyak, istri saya percaya dan nurut saja," jelas Rowi. Rawi menyebutkan bahwa total uang yang sudah dikeluarkan sudah

mencapai Rp 80 juta namun hingga kini hanya janji dan uangnya belum terwujud. "Ya total semua uang yang sudah dikeluarkan oleh istri saya sekitar Rp 80 juta. Yang ada dalam kardus, bukan uang, tapi berisi baju-baju bekas dan selimut bekas," tukasnya. Saatini,petugasPolsekBuduranjugaterusmemeriksasaksiuntukmengungkap kasus ini. Diduga korban yang tertipu hanya karena terbuai bujukan Chusnul untuk bisa menggandakan uang milik mereka. (dea/ami)

PENCURIAN

Toko Kembang Api Dibobol, Ratusan Juta Melayang SURABAYA, (BM) - Sebuah toko kembang api di Jalan Pasar Kembang 125 dibobol. Pelaku diduga berhasil membawa kabur uang tunai ratusan juta rupiah. Kejadian ini baru diketahui Ari Bintoro (55) dan Ernawati (50) pemilik saat membuka tokonya pukul 08.00 WIB. Akibatnya, pemilik toko mengalami kerugian Rp 100 juta dan beberapa surat kendaraan raib digondol maling. Menurut Hari Pintono (56) pemilik toko kejadian ini diketahuinya pada pukul 08.00 WIB saat akan membuka tokonya. Nah, saat itu dia terkaget melihat brangkasnya yang terletak di bagian belakang mejanya terbuka. "Saat buka toko, tiba-tiba saya melihat kunci brankas sudah rusak dan barang di dalamnya sudah berserakan. Saat saya cari uang yang saya simpan sudah tidak ada," kata Ari, Selasa (26/06). Pitono menjelaskan lebih jauh kerugian yang dideritanya selain uang tunai Rp 100 juta juga sejumlah BPKB diantaranya, BPKB Kijang Inova L 1875 V, Suzuki L 5555 PC, Honda GL L 4107 SO, Isuzu Minibus L 7643 N, Honda CRV L 1111 RI. "Sementara itu saja yang ada mas," tambahnya lagi. Berdasarkan pengamatan petugas, bahwa pencuri masuk lewat atap toko terus masuk ke toko lewat plafon. Pelaku diketahui lebih dari dua orang dan naik atas toko dari belakang toko. Pelaku membuka brangkas menggunakan kunci lain karena kunci brangkas dibawa sang pemilik. Kemungkinan brangkas mengalami rusak sehingga dengan mudah pelaku membuka brangkas. "Kondisi pertama kali masuk, toko sudah berserakan terutama di sekitar brankas serta di etalase," imbuh Ari pula. Sementara itu Wakastreskrim Polrestabes Surabaya, Kompol Sudamiran meyakini jika pelaku bukan spesialis pembobol brankas. Ia menduga pelaku masuk dari atas dengan menjebol plafon. "Masih kita dalami dan melakukan olah TKP dugaan pelaku masuk dari atap, akan kita cek. Karena di belakang toko ini pemukiman warga," kata Sudamiran kepada wartawan, Selasa (26/6). Polisi yakin pelaku pencurian tersebut adalah orang yang mengenal seluk beluk toko. Namun, pihak kepolisian masih mendalami kasus tersebut "Masih kita dalami. Kalau kenal tidak, karena kalau kenal tidak mungkin kondisi toko berserakan, dia pasti langsung menuju brankas," jawab Sudamiran. (arn/ami)

FOTO: BM/BRJ

DIBOBOL: Ari Bintoro pemilik toko menunjukkan brankas yang berhasil dibobol kawanan pencuri.

Pasar Direnovasi, Puluhan Sepeda Hilang SIDOARJO.(BM) - Naas memamg nasib M. Sholeh (40) warga perumahan Kepuh Permai, Kepuh Kiriman, Waru. 40 unit sepeda angin yang diletakkan di gudang Ruko Plasa Mandiri yang merupakan tempat penampungan Pasar Wadung Asri yang kini sedang direnovasi, raib digondol pencuri. Pemilik toko UD Tunggal Jaya itu menyebutkan, puluhan sepeda itu ditampung di gedung berjarak 100 meter itu, karena untuk pindah sementara Ratusan sepeda angin yang ditaruh di dalam gudang dan sebagian ditaruh depan gudang dengan ditutup terpal. Satu deret sepeda angin yang paling depan hilang.” Padahal, lokasi penampungan jalan masuknya hanya satu, tapi kok keamanan tidak tahu,” jelasnya. Kasus itu juga lansung dilaporkan ke PT Mandiri selaku kontraktor penggarap Pasar Wadung Asri. “Karena sudah kehilangan barang tiga kali, saya memilih lapor polisi saja,” ucapnya. Akibat pencurian tersebut, ia mengaku merugi dalam kehilangan satu pikap spare part, nilainya sekitar Rp 10 juta. Sedangkan untuk nilai 40 unit sepeda angin dia mengalami kerugian sebesar Rp 12 juta. “Kami minta Pak Polisi bisa mengungkap kasus ini,” harapnya. (dea/ltf)

Tindakan Polisi Menangkap Penyalahgunaan Narkoba

Madiun Ungkap 10 Kasus, Ratusan WNI Tunggu Vonis Mati Upaya pemerintah dalam memberantas peredaran dan penjualan narkotika nampaknya tidak mainmain. Petugas Satuan Narkoba Kepolisian Resor Madiun, Jawa Timur, berhasil mengungkap sebanyak 10 kasus narkoba dan pil koplo selama bulan Januari hingga Juni 2012. MADIUN, (BM) - Kepala Satuan Narkoba Polres Madiun AKP Basuki Dwikoranto, Selasa, mengatakan jumlah pengungkapan kasus tersebut tergolong stabil jika dibandingkan dengan kasus selama tahun 2011 pada periode yang sama. “Jumlah pengungkapan tersebut tergolong stabil jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2011. Adapun jumlah kasus narkoba dan pil koplo selama tahun 2011 secara total mencapai 19 kasus dengan 21 tersangka,” ujar AKP Basuki

kepada wartawan. Ia merinci, dari 10 kasus yang ditanganinya tersebut, terbagi atas tiga kasus narkoba jenis sabu-sabu, dua kasus pil koplo, empat kasus obat daftar G, dan satu kasus pil jenis dextro. Adapun barang bukti yang berhasil disita polisi mencapai, narkotika jenis sabu-sabu seberat 1,5 gram, pil koplo sebanyak 483 butir, pil dextro sebanyak 76 butir, dan obat daftar G sebanyak ribuan butir. “Dengan jumlah tersangka sebanyak 11 orang. Para ter-

FOTO: BM/ANTARA

NARKOBA: Polres Madiun saat menunjukkan barang bukti sabu-sabu dari seorang pengedar yang ditengarai mempunyai jaringan narkoba antar kota.

sangka ini akan diancam dengan Undang-Undang RI (UURI) Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dan UURI Nomor 36 tahun 2009 tentang

kesehatan,” terang Basuki. Sementara, data Satuan Reskoba Polres Madiun mencatat, secara umum kasus narkoba dan pil koplo di wilayah hu-

kumnya terus bertambah dalam tiga tahun terakhir. Selama tahun 2008 ada delapan kasus dengan sembilan tersangka kasus narkoba, tahun 2009 sebanyak 12 kasus dengan 18 tersangka, dan pada tahun 2010 meningkat hingga 21 kasus dengan 31 tersangka. Modus peredaran narkoba di wilayah Madiun semakin bervariasi. Hal ini yang membuat polisi merasa kesulitan untuk mengungkap kasus narkoba. Selain itu, di wilayah Kabupaten Madiun mata rantai peredaran narkoba selalu terputus di tingkat pengedar. Hal ini karena di Madiun hanya tingkat pengedar saja, bukan bandar besar. Guna memberantas peredaran dan penggunaan narkoba, pihaknya dengan bantuan lem-

baga terkait, seperti pemerintah daerah, KPA, dan LSM, terus melakukan sosialisasi ke sejumlah sekolah dan tokoh masyarakat tentang bahaya narkoba. Sedangkan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Gories Mere mengatakan jumlah warga negara Indonesia (WNI) yang terlibat kasus penyalahgunaan narkoba di luar negeri, cukup banyak. Saat ini, sebanyak 376 WNI, yang terlibat kasus narkoba di luar negeri, tengah menunggu hukuman mati. Gories melanjutkan, selain 376 orang WNI yang sedang menunggu hukuman mati ini, ada juga 83 orang yang tengah menjalani hukuman seumur hidup di luar negeri. Kepala BNN mengatakan, sindikat jaringan internasional narkoba

telah memasuki kota-kota kecil. Mereka mencari dan merekrut orang sebanyak-banyaknya untuk dijadikan jaringan dalam bisnis gelap mereka di luar negeri, tidak terkecuali di Indonesia. “Gambaran ini sangat memprihatinkan dan perlu memerangi jaringan peredaran narkoba. Kota kecil sudah dimasuki oleh sindikat internasional dan ini harus diwaspadai,” tegas Kepala BNN. Maraknya bisnis narkoba internasional karena harga jual yang tinggi, hal ini disebabkan karena tingginya pemakai. Masuknya narkoba shabu ke Indonesia dari jaringan di negara Iran, karena naiknya jumlah pengguna dan menjadikan Indonesia sebagai pasar yang menjanjikan. (ant/ami)

RABU, 27 JUNI 2012

PARIWISATA

Sidoarjo Tawarkan Wisata Alam Wahana Pendidikan bagi Anak-anak SIDOARJO, (BM) - Guna memanjakan warga, Pemkab Sidoarjo membuka tempat wisata di Desa Kedung Peluk, Candi Sidoarjo. Dengan konsep wisata alam Taman Wisma Kusuma Tirta(TWKT) menyediakan berbagai fasilitas yang bisa membuat warga Sidoarjo benar-benar menikmati keindahan alam. “Wisata alam seperti ini sangat diperlukan oleh masyarakat Sidoarjo, disamping melestarikan lingkungan juga berpotensi meningkatkan ekonomi masyarakat selain itu sebagai sarana untuk mempertahankan Sidoarjo sebagai kota udang dan bandeng,sehingga diperlukan tempat-tempat wisata yang seperti ini, dan banyak lahan kalau tidak difungsikan tanahnya akan tandus dan mati,” terang Saiful’illah Bupati Sidoarjo saat meresmikan TWKT. Wisata alam yang berdiri di area kurang lebih enam hektare milik H. Subarman ini menawarkan berbagai fasilitas seperti kolam pemancingan dan Gasebo, restaurant, kolam main anak, outbond, wisata perahu, taman reptil, serta meeting room. Sehingga, taman wisata ini cocok digunakan untuk tempat pertemuan yang berwawasan lingkungan dan sebagai taman rekreasi yang baik bagi keluarga dan masyarakat Sidoarjo. “Kita dirikan wahana hiburan ini, karena hiburan yang sifatnya alami sangat dibutuhkan bagi masyarakat Sidoarjo,” ujar H. Subarman. Selain wisata alam TWKT juga dijadikan sebagai wahana pendidikan bagi anak-anak agar lebh mengenal tentang alam dan juga sebagai tempat untuk wisata kuliner makanan khas Sidoarjo. “Pokoknya kita akan manjakan para pengunjung dan sebagai visi dan misi kita pelanggan adalah raja sehingga kepuasan pelanggan adalah utama,” tambah H. Subarman. (dea/ami)

JAWA

12 Suryono Pane (LSM): Kita akan kesulitan jika terjadi dampak yang merugikan warga.

Pemasangan Pipa Gas PT PGN Ditolak Warga Pasuruan Masih Ada Sengketa Tanah Dengan TNI AL Rencana pemasangan pipa Gas oleh PT. Green Enegy Power dan PT PGN (Perusahaan Gas Negara) di Bumi Marinir Grati Pasuruan ditentang oleh warga Kecamatan Lekok Pasuruan. PASURUAN, (BM) – Warga menilai keputusan Bupati Pasuruan yang menyetujui pengajuan pemasangan pipa gas tersebut dianggap mendukung kapitalisme. Warga meminta kepada Bupati Pasuruan untuk tidak memberikan surat rekomendasi karena masih belum ada penyelesaian lahan milik TNI AL dengan warga. Hal ini di ungkapkan oleh Suryo Pane, Direktur Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) AMP-

PAS, yang di dampingi oleh sejumlah tokoh Masyarakat, Gus Ali Hudri, Abdul Jakfar dan Badri Al Khudori dari kecamatan Lekok . “Kita akan kesulitan jika terjadi dampak yang merugikan warga, karena PT. Green Enegy Power ini tidak berkedudukan di wilayah Kabupaten Pasuruan,” terang Suryono Pane, Selasa,(26/6). Menurut Suryo Pane, sebaiknya pemasangan Pipa Gas itu selayaknya di pegang oleh Perusahaan Daerah yang saat ini sudah berdiri dan berbadan Hukum. Karena dengan dipegang perusahaan daerah maka akan ada pemasukan Kas APBD dari sewa lahan dan pemeliharaan Pipa. “Dengan adanya otonomi daerah ini pemegang perijinan dan kekuasaan di tangan pemerintah daerah (Bupati) artinya, jika ada proyek yang melewati daerah setempat hanya dapat sewa lahan saja tetapi harus masuk kas daerah “ jelas Suryo Pane. Hal ini juga ditegaskan oleh

PEMASANGAN PIPA: Pipa gas milik PT PGN yang rencananya akan dipasang di jalur Grati Pasuruan ditentang oleh warga Grati Pasuruan karena dianggap tidak menguntungkan. FOTO: BM/PAR

tokoh masyarakat Kecamatan Lekok, Gus Ali Hudri, ia menilai bahwa rencana pamasangan pipa gas yang melewati lahan milik TNI AL Grati sangat tidak menguntungkan pemerintah Kabupaten Pasuruan. “Disamping lahan yang akan dilewati pipa gas tersebut masih dalam sengketa, ini juga tidak akan menguntungkan karena tidak ada pemasukan pada

PAD Kabupaten Pasuruan,” ungkap Gus Ali Hudri. Dukungan penolakan pemasangan pipa gas milik PT Green Enegy Power juga datang dari Ikatan Santri Pasuruan. Para Santri berharap Bupati Pasuruan untuk tetap mengedepankan suara rakyat Kabupaten Pasuruan. “Kita tidak akan tinggal diam jika surat rekomendasi itu benar-

benar keluar, kita akan bergerak atas nama rakyat Kabupaten Pasuruan untuk menyuarakan penolakan pemasangan pipa gas yang jelas-jelas sangat merugikan,” tegas Abdullah Faqih, ketua Ikatan Santri Pasuruan Raya. Abdullah Faqih Beranggapan rencana Pemasangan pipa Gas di sejumlah daerah meliputi : seperti Kejayan-Purwosari, Pandaan-Purwosari dan Grati sepanjang kurang lebih 9,1 Km Hal ini merupakan sumber pendapatan daerah yang akan terus di nikmati oleh seluruh masyarakat Kabupaten Pasuruan “Selama ini proyek yang melewati Kabupaten Pasuruan dinikmati oleh sebagaian orang saja, sehingga masyarakat yang kurang mampu tambah sengsara hidupnya, Jika kita mengacu UUD 1945 pasal 33 ayat 1,2, 3, bahwa kekayaan bumi air dan kekayaan Alam yang terkandung di dalamnya di kelola oleh pemerintah untuk kepentingan masyarakat,” katanya. (hem/par)

Pro-Kontra Pelayaran di Pulau Madura

Pemerintah Kampanyekan Keselamatan, Mahasiswa Tuntut Pelayanan Untuk menekan resiko kecelakaan dalam dunia pelayaran, Pemprov Jatim mengadakan kampanye keselamatan pelayaran. Tujuannya untuk memberikan pengetahuan bagi operator kapal modern maupun tradisonal yang berlayar di garis laut Jatim. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris daerah Provinsi Jatim Dr.H.Rasiyo saat membuka Kampanye Keselamatan Pelayaran di Pelabuhan Kalianget, Kabupaten Sumenep. “Garis pantai yang membentang di Jatim seluas 2.916 km banyak dilalui kapal tradisional maupun modern yang mengangkut orang maupun barang. Kampanye keselama-

Trm kost vip ac/Non AC Km Dlm Manyar Sambongan 111B 70442255/ 087851303132 -------------------------------------------130312

Kost 77 baru jl.raya pakis PrkrMbl,Laundry : 70755500/ 5319952

Ac,

-------------------------------------------130312

Dikontrakkan rmh daerah Jl.Gubeng Kertajaya 7c/45 (strategis Dkt.Indomaret) cocok.utk.usaha Hub: 72122575 -------------------------------------------200112

DIKONTRAKKAN RMH Jl.Kalibutuh 3Kmr Tidur 2Kmd Ls.Bang.250M2 087854974639 -------------------------------------------200112

DIKONT RMH Jojoran IIIC/33 1RT 3KT Cpt Murah Hub: 082142006807 ---------------------------------------------200112

KOST HR/Bln P/W Ac/Non FasLkp BgnBr Aman KmDlm KupangPanjaan IV/73 70510081 -------------------------------------------200112

KOST PUTRI BUJANG FasLkp(NonAc) Margodadi I/78 (Strategis dktPGS,Blauran) T.70044421 -------------------------------------------200112

J.RMH Mulyosari Utr 9/58 Lt200 Lb300 7Kt 3Km Garasi Hub.70533333-70993840 -------------------------------------------200112

J.RMH CPT Uk8x25 3Lt H650 Nego Jl.Pandegiling Gang Tugu No.21 08563190022 -------------------------------------------200112

J.CPT TANAH 5X17 Tmr Kampus UPN 200M Dr Jl.Ry 50JtNg 70344121/085645110280 -------------------------------------------200112

DJL TNH 147m2 jl.pulo wonokromo wetan IV/6 jagir 105jt hub.085755424603 -------------------------------------------200112

J.TANAH Uk:4x12 Ptk.D Lok:Kedinding Lor Gg. Blimbimng Dkt Suramadu H:3768528 Bu.Lilik Kedinding Lor Gg.Kenongo No.6 -------------------------------------------200112

J.KAVLING U/Ruko Uk: 3,75x18m & U/ Rmh Uk: 6x15m SHM Hrg: Rp.40Jt Jl.Sumber Rejo I Benowo T.081216928717 / 77000617 -------------------------------------------200112

tan pelayaran ini bertujuan mengantisipasi terjadinya kecelakaan dan penanganan kecelakaan di laut,” kata Rasiyo, Selasa (26/6). Rasiyo mengungkapkan, banyaknya penduduk yang tinggal di kepulauan kecil menggunakan sarana transportasi perahu rakyat. Dalam penggunaan perahu rakyat agar sesuai dengan standart pelayaran hendaknya syahbandar pelabuhan melakukan pendidikan dan pengetahuan tentang keselamatan pelayaran. “Syahbandar sebagai pengawas kapal dan perahu yang berlayar di kelautan harus lebih intensive dalam mengawasi. Seperti petunjuk keselamatan penumpang harus tertera di dalam kapal,”katanya. Di samping menjadi tanggung jawab syahbandar, penumpang harus menyadari akan keselamatan pe-

DEMO: Sejumlah mahasiswa melakukan unjuk rasa di depan kantor Bupati Sumenep dengan melakukan pemblokiran jalan. FOTO: BM/BRJ

numpang di atas kapal. Petunjuk larangan dan himbauan di dalam kapal harus dipatuhi bila perlu penumpang diberi penjelasan seperti yang dilakukan pramugari di dalam pesawat terbang. “Seperti halnya ken-

CV.TOP Svc AC, KULKAS, M.CUCI 7177784 Cuci30 Freon50 Bkr/Psg100 J.B AC Bks

VARIO’2007 Siap Pakai Hub:Jagir Sidomukti Lebar 67 72581260-081332883117

-------------------------------------------130312

-------------------------------------------130312

RAJA AC/KULKAS78405999 Svc30 Freon50 B.Psg100 J/B Acbks SglMerk08573308355

REVO ABSOLUT’10 Akhir Original Ban+ACCU Baru Jl.Semampir Tgh 3A/5 70805564

-------------------------------------------130312

-------------------------------------------130312

CENTRA AC/KULKAS 71043443 Cuci30, Freon 50, Pasang 100 (Garansi)

REVO’07 CW TGN1 (L) Jual Cepat 08563231367 Tidak SMS

-------------------------------------------130312

-------------------------------------------130312

ANTENA TV Digital20CH+Psf70Rb Sedia Brecket LCD,Tdk Bgs U Kmbl 70654448 Jump

SUPRA FIT 05 MULUS 4,9Jt VEGA R’05 (5,5jt) Wonocolo Pondok 17A 81723696

-------------------------------------------130312

-------------------------------------------130312

SERVIS DATANG CPU Printer Laptop LAN Virus Monitor Warnet CCTV 03170444333

HND Kharisma 2004D/2005X jual murah brg istimewa jual salah satu 72689464

-------------------------------------------130312

-------------------------------------------130312

DJL P4 Lkp 800Rb;P3 Lkp 500Rb;Core 2Duo Lkp 3Jt 081321550005/03170418967

REVO TH 2007 HUB; Rungkut Mejoyo Gang Buntu No.7 T;83759434

-------------------------------------------130312

-------------------------------------------130312

J.PROG KASIR ADMIN STOK/HUTPIUT/RugiLaba mulai 800rb 77107122/081703313512

MEGA PRO CW 2011 L Hitam 18jt Cepat ! 33568986,081333978874

-------------------------------------------130312

-------------------------------------------130312

DIBELI DGN HARGA TERTINGGI Laptop/ Komp/Mon/LCD/HD/Dll 31204678 / 77626600

SHOGUN 110CW’03 Cakram Tgn1 Barang Lgkp Orisinil Istimewa 3,6Jt Ng 77821235

-------------------------------------------130312

-------------------------------------------130312

TERIMA LAPTOP HARGA TINGGI Hub 81658899 / 082139378000

Tiger New’07 CW dpbel cakram ors msn enak hub: Pandegiling 4/14 T.72727079

-------------------------------------------130312

-------------------------------------------040112

Mega Pro’2005 dobel cakram Velg Balok 8,250jt hub: Platuk donomulyo 9/5 Sby -------------------------------------------040112

Vario CW’2006 Istimewa 95% jual c p t M u t e r a n 3 / 8 T. 0 8 7 8 5 3 3 1 0 0 5 8 701234516 -------------------------------------------040112

SUPRAFIT New Cw’06+New’06(WSda)+04(6,2+5,7+4,7) Simo Kwagean 77 (81836159) -------------------------------------------040112

KIRANA’04 Mls Trwt Tgn.1 (4750)Jl.KM. Mansyur53(KmpngMargi) No.1 T.70245586

daraan bermotor dalam berkendara di jalan ada larangan dan himbauan, begitu juga di kapal dan perahu harus ada peraturannya. Syahbandar harus memberikan sertifikasi kapal dan perahu yang layak berlayar atau tidak

DI JUAL MOBIL Di Jual Cepat! Zebra STW ’90.Kondisi Istimewa, Body Mulus, Mesin Halus, Pajak Panjang, Velg Racing, Radio Tape, Aki Basah.Harga : Rp. 17 Juta Nego Alamat : Ngelom Megare 499, Taman Sepanjang.Telp. 031-917-69-689 -------------------------------------------150612

XENIA’09Li SPORTY KM17rb merah, Tgn1 Istmw Terawat cat ori;Kedungdoro 92F -------------------------------------------130312

XENIA Xi Delux’09 VVTi Silver IstwTgn1 119Jt 61000073 CentraPark E-7Wiguna -------------------------------------------130312

XENIA Li DLX+’08 Tgn I Ac,T,Pw,Ps,Cl,F.Lamp 081230525526 -------------------------------------------130312

GRANMAX SprIstmw FulAudio 2008 Hitam Tgn1 H:PondokJati AJ-12A 085732989922 -------------------------------------------130312

TARUNA CX’99 Silver Istw Hrg 83jt Nego Pajak Baru Hub:78366285/08123136285 -------------------------------------------130312

BMW 318i ‘2001 Hitam Istimewa Jok Kulit VR20 Taman Pinang BB 4/14-08123562100 -------------------------------------------240112

Heboh Awal Tahun Xenia a Dp12/@2,5 M Fam Dp13/@2,6;R Dp14jt@2,7;R Fam Dp2,9;TS+dp20/ @3;TXdp23/@3,3;MB12dp20/@2,1 ada Bns&Ready H:70460919-78454698 L.Kota ok -------------------------------------------240112

XENIA Li SPORTY’08+09(Hitam)Li Plus’09+Xi Family’09(Merah)TDP20jtan @3jtan Raung 57 PPLegi T:81253036 TT/Krd -------------------------------------------240112

LUXIO M’09 Silver Pajak Panjang Tg1 118jt Jl.Kenjeran 361 H:3822888 Bisa Kredit -------------------------------------------240112

CRV’00 A/T Silver+Accord VTiL’00 Biru+New City’06 Silver Manual+Cielo’98 M/ T Silver. All Istmwa Bs Kredit. Pahlawan 15 Sda-8928189

-------------------------------------------040112

-------------------------------------------240112

VARIO TEKNO 2010 SuperIstw PjkbARU BrgSptBaru;Gubeng Airlangga V/44 Cpt BU

-------------------------------------------240112

-------------------------------------------040112

BLADE REPSOL 2010 CW 99% OrsCat VelgRasing TPI Blok 4/14 Sda 031-31196806 -------------------------------------------040112

Jual Honda Grand 91 2,3jt hub.Heru 0317025.7115 -------------------------------------------040112

J HONDA REVO’09 HITAM 031-92365767 Setelah Jam 8Pagi -------------------------------------------040112

HONDA JAZZ IDSI A/T’07 Istimewa Tgnl Km59Rb Hub:08165615186 JAZZ RS’08AT Putih+AccordVTiL’03AT Silver Baratajaya 19/65; 5042028/71717157 TT/Krd ALL NEW CIVIC TH 2007 (L) MANUAL silver Metalik Manual (218jt pas)031-70733999 -------------------------------------------240112

untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut,” tegasnya. Program kampanye ini bertujuan untuk memberikan pendidikan pelayaran, kesadaran dan disiplin dalam berlayar. Peralatan pelayaran seperti sarana komunikasi dan jaket pelampung harus terpadu dan konsisten. Disaat Sekda Pemprov Jatim sedang mengampanyekan keselamatn pelayaran, beberapa mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa. Aksi unjuk rasa 50 mahasiswa Sumenep yang merupakan gabungan dari Forum Komunikasi Mahasiswa Sumenep (FKMS), Kesatuan Mahasiswa Kangean Indonesia (KMKI), Gerakan Pemuda dan Mahasiswa Raas (GPMR), Kaukus Mahasiswa Sumenep (KMS), dan PMII komisariat Unija ke kantor Pemkab setempat,

menuntut peningkatan pelayanan transportasi laut, masih berlangsung panas. Setelah bentrok dengan aparat Kepolisian, kali ini mahasiswa memblokir jalan dr. Cipto Sumenep, depan kantor Pemkab, Selasa (26/6). “Buktikan janjimu Bupati. Mana hak kami warga kepulauan Kangean. Jangan anak tirikan warga Kangean,” teriak Eko Wahyudi, salah satu orator. Unjuk rasa mahasiswa merupakan bentuk protes karena lebih dari satu bulan, dua kapal milik Pemkab Sumenep, yakni Dharma Bahari Sumekar (DBS) I dan II yang dikelola. PT Sumekar Line tidak beroperasi. Kapal tersebut semestinya melayani pelayaran Kalianget - Kangean. Namun kapal DBS I dialihkan ke jalur keperintisan untuk menggantikan kapal Amukti Palapa yang rusak. (humas/ami)

RABU, 27 JUNI 2012

TIMUR

PEMERINTAHAN

13

Lukman Hadi: Namun, pencarian korban dua nelayan yang hilang tetap memerhatikan cuaca. FOTO :BM/ROI

Pencarian Dua Nelayan Terhambat Cuaca Buruk Pencarian dua nelayan yang hilang akibat diterjang ombak tinggi di sekitar perairan Pulau Nusa Barong, Kabupaten Jember, Jawa Timur, masih terus dilakukan. Hanya saja cuaca buruk jadi penghambat pencarian. JEMBER, (BM) - Kepala Kesatuan Polisi Perairan (Kasat Polair) Puger, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Lukman Hadi mengatakan, bahwa ketinggian ombak laut pantai selatan kini mencapai

2-3 meter dengan angin relatif cukup kencang. "Pencarian masih kami teruskan sejak pagi tadi. Namun, pencarian korban dua nelayan yang hilang tetap memerhatikan cuaca karena saat ini ombak juga masih tinggi," tuturnya. Sebanyak enam nelayan yang menggunakan satu perahu sedang menebar jaring di sekitar perairan Pulau Nusa Barong dan perairan Puger, Sabtu (23/) malam. Namun, perahu yang mereka naiki tiba-tiba diterjang ombak setinggi 5 meter, Minggu (24/6) dini hari. Dua nelayan yang selamat Timan dan Jamsari melaporkan ke-

jadian kecelakaan laut tersebut kepada petugas Satpolair, kemudian dua nelayan ditemukan tewas, yakni Mamat (35) warga Desa Puger Wetan, Kecamatan Puger, dan Solihin (45) warga Kabupaten Pasuruan, Senin (25/6). Dua nelayan lainnya Boimin (35) warga Desa Kasiyan, Kecamatan Puger dan Cholili (40) warga Desa Paleran, Kecamatan Umbulsari masih dinyatakan hilang. "Cuaca buruk di sekitar perairan Puger menyulitkan petugas untuk mencari dua nelayan yang hilang itu. Namun, petugas Satpolair bersama nelayan setempat terus melakukan pencarian hing-

ga dua nelayan itu ditemukan," kata Lukman. Sejauh ini, Kesatuan Polisi Perairan (Satpolair) Puger masih melanjutkan pencarian dua nelayan tersebut. "(Selasa) pagi ini kami melanjutkan penyisiran di sejumlah lokasi Pulau Nusa Barong untuk mencari dua nelayan yang belum ditemukan," kata AKP Lukman Hadi. Menurut dia, pihaknya akan berkoordinasi dengan Satpolair Malang untuk meminta bantuan mencari dua nelayan asal Jember yang hilang seiring dengan arah arus laut menuju ke sana. "Pencarian dua nelayan itu

akan melibatkan petugas Satpolair Malang karena melihat arah arus laut menuju ke Malang. Mudah-mudahan dua nelayan yang hilang bisa ditemukan secepatnya," katanya. Kasus tewasnya dua nelayan dan dua nelayan yang hilang di perairan Pulau Nusa Barong merupakan kasus kecelakaan laut ketiga dalam dua bulan terakhir. "Saya imbau nelayan tidak nekat melaut untuk mencari ikan pada saat ombak tinggi dan angin kencang di perairan pantai selatan karena membahayakan keselamatan para nelayan sendiri," ujarnya menambahkan. (ant/hdi)

Dua Demonstran Kurung Sidoarjo SIDOARJO, (BM) - Dalam sehari dua demonstrasi terjadi di Sidoarjo, pertama ratusan buruh PT Langgeng Makmur Industri di Jl. Letjen Sutoyo, Waru, yang tergabung dalam Federasi Serikat Buruh Madani (FSBM) melakukan pemblokiran jalan masuk menuju pabrik yang dan melarang karyawan untuk bekerja. Akibatnya Jl. Raya Letjen Sutoyo sekitar pukul 07.00 WIB macet total. Menurut Koordinator Aksi Tarmizi, Selasa (26/6), aksi para buruh kali ini menuntut pihak perusahaan agar menghapus system outsorcing dan mengangkat karyawan menjadi karyawan tetap, gaji sesuai dengan upah minimum kabupaten (UMK), serta para buruh meminta jaminan kesehatan berupa Jamsostek. “Kita minta agar perusahaan juga menghentikan pemotongan gaji teman kita Eko wahyudi serta membayar upah mogok," ujarnya. Karena tidak puas, ratusan buruh sambil membawa spanduk yang isinya tuntutan dan kecaman terhadap manegemen perusahaan, akhirnya massa bergeser menuju kantor DPRD Sidoarjo untuk memperjuangkan serta meminta anggota perwakilan rakyat turut membantu dan memperjuangkan nasib mereka.

Sementara itu ratusan warga Desa Rangka Kidul, Sidoarjo, juga melakukan aksi unjuk rasa, mereka mendatangi PT Softex Indonesia di pergudangan Safe Lock lingkar timur. Mereka meminta agar Satuan Pamong Praja (Sat pol pp) kabupaten sidoarjo untuk menutup PT Softtex Indonesia Mereka beralasan perusahaan tersebut saat ini tidak mengantongi ijin industri sama sekali.Padahal perusahaan produsen pembalut wanita tersebut sudah beroprasi. “Perusahaan PT Softex Indonesia sudah menyalahi aturan, di antaranya perusahaan tersebut telah melanggar Permen Industri No. 41/M-Ind/6/2008 pasal 50 yang menyebutkan jika perusahaan industry tidak berijin dan telah melakukan Produksi mendapatkan sangsi kurungan 5 tahun penjara," ujar Harjo, salah satu pengunjuk rasa. Namun sayangnya pihak perusahaan tidak mau menemui perwakilan pengunjukrasa. Tidak puas dengan hal tersebut, ratusan warga yang dikawal berbagai aliansi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Sidoarjo bergerak menuju kantor Satpol PP di Jalan Kombes Pol M. Duriat. Mereka meminta satpol pp bertindak tegas dan jangan beraninya sama PKL saja. (ltf/dea/hdi)

FOTO: BM/DEA

UNJUK RASA: Ratusan warga Desa Rangka Kidul ketika berdemonstrasi di PT Softex Indonesia yang dinilai tidak mempunyai izin.

MOBDIN: Kendaraan Dinas di Lingkungan Pemkab Nganjuk, selain melambung biaya perawatan juga biaya penggunaan.

Perketat Pemakaian Mobil Dinas NGANJUK, (BM)- Pemerintah Kabupaten Nganjuk, mulai memperketat penggunaan kendaraan dinas. Sebab, selain melambungnya biaya perawatan dan penggunaan biayanya tidak pernah terwujud dalam perawatan artinya biaya perawatan dipakai sendiri bukan untuk mobdin dan Motdin, juga sering kendaraan dipakai bukan orang pemegang kendaraan tersebut. Terkait hal ini, Komisi A DPRD Nganjuk segera mengusulkan untuk mengatur seluruh penggunaan kendaraan dinas, nantinya pengunaan seluruh kendaraan dinas milik Pemkab Nganjuk. Saat ini, tercatat ada 700 lebih kendaraan dinas. Baik itu mobil dinas (mobdin) maupun motor dinas (motdin). “Pemakai kendaraan dinas adalah mereka yang berhak dan memegang surat pemakai kendaraan sesuai yang tertera dalam Kartu Pemegang Kendaraan (KPK) yang dikeluarkan pemerintah daerah. Kendaraan dinas hanya boleh dipakai oleh orang yang namanya tercantum dalam KPK,“ ujar Ketua Komisi A, Supiyono, Selasa (26/6). Supiyono menambahkan, biaya perawatan Mobil Dinas dan Motor Dinas di setiap Satker di lingkungan Pemkab Nganjuk dari tahun ke tahun sering disalahgunakan artinya biaya tersebut digunakan keperluan pribadi. (roi/hdi)

KEPENDUDUKAN

e-KTP Sisir Pusat Keramaian

FOTO: BM/ANTARA

DEMO BURUH LINTING SEJUMLAH buruh linting membawa poster saat mogok kerja dan berunjukrasa di depan pabrik rokok PT Utama Mama, Bandulan, Malang, Jawa Timur, Selasa (26/5). Mereka menuntut manajemen melunasi pembayaran upah sesuai UMK yang selama 2 tahun yang belum dibayarkan.

Rencana Pengembangan Bandara Trunojoyo SUMENEP, (BM) - Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, berencana memperluas areal Bandara Trunojoyo pada tahun ini dengan membebaskan lahan sekitar lima hektare. Wakil Bupati Sumenep Sungkono Sidik menjelaskan, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan Bandara Trunojoyo sebagai bandara komersial yang disinggahi pesawat berjadwal secara reguler. "Untuk mengembangan bandara tersebut, kami harus bersinergi dengan Kementerian Perhubungan. Pada tahun ini, kami berencana membebaskan lahan lagi sekitar lima hektare untuk perluasan areal Bandara Trunojoyo," ujarnya di Sumenep, Selasa (26/6). Ia mengatakan, Kementerian

Perhubungan akan mengalokasikan dana bagi pengembangan Bandara Trunojoyo, jika pemerintah daerah menyediakan lahan. "Mekanismenya memang seperti itu. Lahan yang akan kami bebaskan pada tahun ini, akan diperuntukkan bagi pembangunan sejumlah fasilitas, di antaranya terminal bagi penumpang dan lokasi parkir kendaraan bermotor," ucapnya. Pada tahun ini, kata dia, Kementerian Perhubungan telah memprogramkan penambahan sejumlah fasilitas di Bandara Trunojoyo, di antaranya memperpanjang landasan pacu pesawat yang sebelumnya 905 meter menjadi 1.160 meter. "Program pengembangan Bandara Trunojoyo oleh Kementerian Perhubungan pada tahun ini merupakan tindak lanjut atas pembe-

basan lahan sekitar 5,4 hektare yang kami lakukan pada 2011. Saat itu (2011), Kementerian Perhubungan memang berkomitmen untuk membenahi fasilitas di Bandara Trunojoyo, jika disediakan lahan," paparnya. Sungkono juga mengemukakan, rencana pembebasan lahan sekitar lima hektare pada tahun ini sudah dimasukkan sebagai salah satu rencana kegiatan pada perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). "Untuk besaran dana pembebasan lahan pada tahun ini, tunggu saja hasil pembahasan kami dengan anggota DPRD Sumenep. Kalau nantinya rencana pembebasan lahan tersebut disetujui oleh anggota DPRD, tentunya realisasinya harus tuntas pada tahun ini," katanya. (ant/hdi)

DPRD Bojonegoro Desak Dishub Tertibkan Truk di Proyek Blok Cepu BOJONEGORO, (BM) - Jajaran Komisi D DPRD Bojonegoro, Jatim, mendesak Dinas Perhubungan (Dishub) mengintensifkan operasi penertiban truk pengangkut tanah uruk proyek Blok Cepu dan pembangunan rel ganda kereta api (KA) yang melanggar batas muatan kendaraan. "Dishub harus berani melakukan operasi dengan

memberikan tilang kepada ribuan truk proyek yang semuanya melanggar batas muatan maksimum kendaraan," kata Ketua Komisi D DPRD, Ali Huda, dalam dengar pendapat dengan jajaran Dishub, Selasa (26/6). Ia menilai, Dishub kurang maksimal dalam menggelar operasi truk kedua proyek itu, dengan bukti pelanggaran batas muatan maksimum masih terus berlanjut. "DPRD bersedia ikut di lapangan kalau memang Dishub menggelar operasi lagi," katanya menegaskan. Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Pengendalian Operasi Dishub Welly Fitriana didampingi Kepala Bidang Hubungan Darat, Moch. Chosim, mengungkapkan, pihaknya sudah mengeluarkan surat tilang untuk 127 truk, sebagian besar truk proyek Blok Cepu pada Mei. Selain itu, lanjutnya, Dishub dalam operasi Juni ini juga sudah mengeluarkan surat tilang untuk 90 truk, juga dengan pelanggaran yang sama yaitu pelanggaran dimensi bak truk atau pelanggaran batas muatan maksimum. "Semua pelanggaran kami proses secara hukum melalui kepolisian untuk dilanjutkan ke Pengadilan Negeri, tapi uang denda pelanggaran semuanya masuk Negara, bukan ke kas daerah," ungkapnya. Lebih lanjut ia menjelaskan, penertiban truk kedua proyek itu, juga dilakukan dengan melakukan pendekatan kepada pengusaha angkutan truk agar tidak mengangkut tanah uruk menyalahi ketentuan. Alasan para sopir mengangkut tanah uruk melebihi ketentuan karena faktor ekonomi, sebab jika sesuai ketentuan batas muatan maksium perolehannya hanya Rp25 ribu per satu rit. Selain itu, penertiban juga untuk melancarkan arus lalu lintas dan mencegah bertambahnya korban kecelakaan lalu lintas. "Kami juga menyesalkan pelanggaran truk kedua proyek itu, apalagi truk itu juga menimbulkan kecelakaan lalu lintas di sejumlah lokasi," katanya. (ant/hdi)

GRESIK, (BM) - Untuk percepatan perekaman data penduduk dalam program EKTP, Dinas Kependudukan dan Catanan Sipil Kabupaten Gresik optimalkan mobil unit EKTP di tempat keramaian. Kabag Humas Pemda Gresik Andhy HW menjelaskan hal ini dimaksudkan untuk mempercepat pelaksanaan program nasional kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP), dengan cara mobil E-KTP yang berisi alat perekaman data kependudukan mendatangi beberapa lokasi strategis. “Untuk tahap awal, mobil E-KTP itu ditempatkan di halaman Kantor Bupati Jalan Wahidin Sudirohusodo Gresik.kami sengaja menempatkan mobil unit E-KTP di kantor bupati karena ada beberapa PNS yang belum diambil datanya," ujar Andhi, Selasa (26/6). Tahap selanjutnya lanjut Andhi , mobil unit E-KTP ini juga akan ditempatkan di Rumah Tahanan (rutan) Banjarsari, Kecamatan Cerme serta di Pabrik PT Petrokimia Gresik. Rencananya, untuk pengambilan data EKTP kata Sumarno, instansinya akan mengoperasikan dua mesin khususnya di Rutan Banjarsari Cerme untuk mempercepat proses pengambilan data. Berdasarkan catatan Dispenduk Capil Gresik, saat ini telah menyelesaikan sekiat 84 persen perekaman dari 968.232 wajib EKTP.Dengan tambahan mobil unit ini Dispenduk Capil Gresik optimistis perekaman E-KTP selesai sesuai target pada minggu kedua bulan Oktober 2012. (kho/hdi)

KESEHATAN

Dinkes Butuh Lab Mamin MALANG, (BM) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Jawa Timur, Mursyidah mengemukakan bahwa keberadaan laboratorium pengujian makanan dan minuman (mamin) di daerah itu cukup mendesak. Menurut Mursyidah, selama ini pengujian mamin di Kabupaten Malang selalu dikirimkan ke Surabaya, padahal hasil pengujian itu dibutuhkan segera. "Lab yang ada di daerah ini hanya untuk menguji air seperti untuk pengujian bakteriologi. Sedangkan untuk maminnya tetap dikirim ke Surabaya, padahal potensi produksi mamin di Kabupaten malang juga cukup besar," tegasnya, Selasa (26/6). Menurut dia, produksi makanan dan minuman di daerah itu saat ini sekitar 1.400 produk, baik yang diproduksi oleh usaha mikro kecil menengah (UMKM) atau pabrikan dan setiap tahun potensi pengujian tersebut juga cukup besar. Dengan mengantongi izin P-IRT tersebut, produk-produk yang dihasilkan UMKM maupun pabrikan bisa diedarkan dan dipasarkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat lokal. Ia mengemukakan, saat ini mamin yang diproduksi UMKM maupun pabrikan yang telah mengantongi sertifikat izin Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT) sekitar 1.300 produk. Namun, masih banyak yang tidak mencantumkan alamat secara lengkap. Oleh karena itu, lanjutnya, Dinkes setempat akan mewajibkan para pemegang sertifikat P-IRT tersebut mencantumkan alamat secara lengkap. Sebab, banyak produk asal Kabupaten Malang yang dikenal secara luas oleh masyarakat, namun mereka tidak tahu dimana alamat produsennya. Padahal, katanya, dengan mencantumkan alamat lengkap produsen, akan menggairahkan UKM di daerah itu sekaligus promosi jika Kabupaten Malang memiliki banyak potensi industri rumahan. (ant/hdi)

RABU, 27 JUNI 2012

14

Dr Anil Thomas: Bagian magnet sangat mudah terpecah. Orangtua harus memperingatkan risiko tertelannya serpihan magnet. DINAMIS - HARMONIS

Waspadai Mainan Berbahan

Magnet pada Anak Orang tua sebaiknya lebih berhati-hati dalam membelikan mainan bagi anak-anak, terutama bila berasal dari bahan magnet. Sebab, baru-baru ini para ahli bedah di Inggris dilaporkan menangani dua anak kecil yang secara tidak sengaja menelan magnet kecil dari mainan mereka.

K

asus pertama menimpa anak 18 bulan yang telah menelan 10 bola magnet kecil, dan yang kedua melibatkan bocah delapan tahun yang menelan dua strip magnet yang panjangnya 2 sentimeter. Pada kedua kasus itu, magnet yang tertelan berasal dari mainan anak-anak. Kedua anak-anak mengalami nyeri perut ringan dan pada pemeriksaan lebih lanjut ditemukan bahwa magnet telah bersarang di sistem pencernaan mereka. Benda kecil yang tertelan oleh anak kecil biasanya dapat melewati sistem pencernaan mereka tanpa menyebabkan penyakit atau kerusakan internal. Namun ketika beberapa elemen magnetik itu tertelan, mereka akan membuat reaksi berbeda. Beberapa magnet dapat tertarik menarik satu sama lain di dalam tubuh, menjebak jaringan lunak

internal dan menyebabkan perkembangan fistula. Fistula adalah suatu kondisi dimana koneksi yang abnormal terbentuk antara jaringan lunak dalam tubuh, dan jika tidak diobati, dapat menyebabkan penyakit serius. Menurut para medis, anak-anak yang menelan magnet awalnya tidak akan merasa sakit apa-apa, sehingga sulit bagi orangtua untuk mengetahui kalau anak mereka sudah menelan benda itu. “Kami sangat prihatin tentang beredarnya mainan magnet yang bisa dengan mudah didapatkan. Bagian magnet sangat mudah terpecah. Orangtua harus memperingatkan risiko tertelannya serpihan magnet, terutama pada anak kecil. Kami percaya bahwa peningkatan dalam kesadaran masyarakat tentang risiko ini akan menjadi kunci dalam mencegah insiden yang

serupa,” kata Dr Anil Thomas George dari Queen Medical Centre. Beberapa negara seperti AS dan Kanada dalam beberapa tahun terakhir, sudah membuat peringatan ke publik dan bahkan menarik kembali beberapa produk mainan yang berbahan magnet. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Noor Jehan, staf peneliti dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) membagikan beberapa tips untuk orang tua agar dapat memilih mainan yang aman untuk anak-anak mereka : 1. Baca label dengan teliti : Kebanyakan orang tua membeli mainan anak tidak membaca label. Berdasarkan temuan YLKI, banyak mainan yang tidak memiliki label bahasa Indonesia. Padahal, dalam peraturan perdagangan dijelaskan bahwa produk apa pun harus mencantumkan label berbahasa Indonesia, yang ber-

ribu sampai Rp 300 ribu. Ternyata yang mahal itu masih terdapat bahan kimia dan logam berbahaya,” kata Noor. isi tentang bagaimana cara menggunakannya dan untuk usia berapa. 2. Harga mahal belum tentu aman : Selama ini, banyak orang tua beranggapan bahwa harga menentukan kualitas. Hal ini memang benar, tetapi tidak selamanya harga mainan yang mahal itu aman. “Dari temuan yang kita dapatkan, ada mainan anak yang harganya Rp 30

3. Membeli mainan sesuai usia anak : Misalnya, untuk anak berusia 3 tahun sebaiknya jangan dibelikan mainan yang ukurannya terlampau kecil. Karena yang ditakutkan, anak Anda akan memasukkan mainan tersebut ke dalam mulut mereka. “Sehingga, apabila zat berbahaya itu masuk ke dalam tubuh dan berakumulasi akan membahayakan kesehatan anak,” tambahnya.

4. Periksa fisik mainan: Beberapa mainan edukasi anak umumnya berbahan dasar kayu seperti sempoa. Sehingga penting untuk melihat dan memeriksa kondisi permukaan mainan, apakah aman atau tidak bagi anak. Karena serpihan mainan berbahan kayu yang tidak mulus misalnya bisa masuk ke tangan anak-anak atau bahkan ikut termakan. (km/ami)

Kristen Stewart

Tiga Hal Jadi Perempuan Inspiratif

Masa Remaja Sering Diolok-Olok Cantik, kaya dan terkenal, tak menjamin Kristen Stewart, menjalani masa remajanya dengan mulus. Siapa sangka, masa sekolah Pemeran Bella di Twilight ini dilaluinya dengan berat. Karena beberapa hal, ia pernah mendapat perlakuan tidak enak oleh teman-temannya.

P

erempuan tak hanya berperan sebagai ibu rumah tangga atau sebagai perempuan karier saja. Mereka, kita, juga bisa menjadi panutan atau sosok yang bisa menginspirasi orang lain, baik laki-laki maupun perempuan. Untuk menjadi perempuan inspiratif, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi:

SEPERTI dikutip dari The Sun (25/ 6) penampilan Kristen saat berusia 15 tahun sangat jauh berbeda dengan saat ini. Kristen remaja senang berpenampilan tomboy, ketimbang tampil feminim seperti sekarang. Tak cuma gaya rambut pendek, tak jarang ia juga senang mengenakan pakaian kakak lelakinya dalam berbagai hal, tak terkecuali saat sekolah. Hal ini yang sering menjadi bahan olok-olokan teman Kristen saat itu. “Saya tak terlalu peduli akan hal itu. Tapi saya masih ingat saat mereka (temanteman Kristen), mengolok-olok karena saya tak menggunakan Jean Juicy Couture,” jelasnya. Seringnya hal ini terjadi, membuat Kristen sempat mengaku benci untuk bersekolah. Namun dari berbagai hal darinya yang sering menjadi olokan, Kristen selalu ingat saat dia dipandang sinis karena memiliki bulu kaki. “Saya ingat seorang gadis saat kelas enam. Ia menatapku di gym dan ekspresinya seperti berkata ‘Oh my god itu menjijikkan Anda tidak mencukur bulu kaki Anda!” jelasnya. Baru-baru ini, sebuah Forbes menganugerahi aktris dengan pendapatan terbanyak. Film Twilight yang laris manis, dan film Snow White and the Huntsman yang ditunggu setiap orang, membuat Kristen layak mendapatkan posisi ini. (cn/ami)

1. Mandiri Salah satu kelemahan perempuan terletak pada kepercayaan dirinya. Seringkali perempuan menganggap bahwa kepercayaan diri akan muncul jika memiliki tubuh yang langsing, wajah yang cantik, atau pekerjaan dengan posisi yang tinggi. Tak perlu posisi atau jabatan yang tinggi untuk bisa percaya diri, karena menjadi ibu rumah tangga pun merupakan pekerjaan yang mulia, hanya saja sering tak disadari. Perempuan kerap merasa rendah diri ketika mereka “hanya” berstatus ibu rumah tangga. Ucapan “hanya” ibu rumah tangga ini harus dihindari karena menjadi ibu rumah tangga itu tidak mudah. Ibu rumah tangga membutuhkan kecerdasan lebih, dan kemampuan manajerial yang tinggi 2. Kesetaraan Sikap inspiratif seorang perempuan salah satunya berkaitan dengan memperjuangkan kesetaraan antara perempuan dan laki-laki. Semua manusia memiliki derajat yang sama, namun perempuan sering dianggap remeh oleh kaum pria karena dianggap lemah. Perempuan yang berani memperjuangkan dan membuktikan kesetaraan ini merupakan sosok yang inspiratif untuk perempuan maupun laki-laki. 3. Kasih sayang Perempuan, khususnya ibu, merupakan sosok yang paling rela berkorban untuk keluarganya. Tak ada uang atau materi apapun yang bisa menggantikan rasa sayang seorang ibu. Penuh kasih sayang terhadap keluarga, dan selalu berbagi dengan keluarga dan orang lain, merupakan kriteria ideal seorang perempuan. Berbagi kasih sayang pun bukan hanya dalam hal materi atau cinta kasih saja, tetapi juga dalam berbagi ilmu ataupun keterampilan pada kaum perem puan, untuk membantu mereka lebih berdaya dan mampu mengembangkan dirinya. (ym/ami)

Judika

Nekat Temui Calon Mertua JAKARTA (BM) — Judika memperlihatkan keseriusannya untuk menikahi kekasihnya, Duma Riris. Tersebar kabar bahwa pria asal Medan itu baru-baru ini menemui orangtua runner up Puteri Indonesia 2007 itu. “KebetulanmamanyadatangkeJakarta, nekad aja ketemu. Karena memang belum pernah ketemu, dan udah bisa ngobrol. Menurutku hal itu harus dilakukan,” kata Judika, Selasa (26/6). Judika menyatakan, pertemuan dengan orangtua Duma cukup baik.

Namun Judika tidak terlalu lama ngobrol karena orangtua Duma juga masih dalam persiapan pernikahan kakak Duma. “Keluarganya udah tahu, tapi memang harus ada waktu untuk ngobrol lebih lama. Waktunya kemarin memang agak singkat, tapi aku memang tidak mau mengganggu persiapan nikahan kakaknya,” ungkap Judika. Judika berharap punya kesempatan untuk bertemu orangtua Duma lagi. “Nanti bisa kita atur lagi wak-

tu untuk ketemu. Pertemuan pertama begitu menggoda,” jelas mantan finalis Indonesian Idol tersebut. Judika dan Duma sendiri sudah merencanakan menikah tahun depan. Begitu mendapat restu dari orangtua, Judika akan melamar Duma secepatnya. “Menikah adalah persatuan dua buah keluarga. Saya berharap keluarganya bisa terima. Orangtuanya juga sudahtahu,tapisecararesmisayabelum ngomong. Saya masih mencari waktu yang tepat,” kata Judika. (jp/ami)

Ello

Gue Beban Kalau Pasang Target JAKARTA, (BM)- Penyanyi Ello (29) rupanya belum mau memikirkan urusan jodoh. Diakuinya, untuk yang satu itu, ia memilih menyerahkan sepenuhnya kepada Sang Pemilik Hidup. Ello menegaskan, yang ada dalam benaknya saat ini adalah fokus di dunia tarik suara. Jadi, pelantun ‘Enggak Kayak Mantanmu’ ini belum menargetkan untuk mengakhiri masa lajangnya. “Gue, kerjaan dulu aja konsennya. Gue, sekarang enggak mau menargetkan sesuatu gitu. Kalau ditargetin nanti beban,” katanya. Senin (25/6) Pria bernama lengkap Marcello Tahitoe ini mengakui bahwa pihak keluarganya tak terlalu mendesak dirinya untuk segera memiliki pasangan. “ Keluarga gak ada yang mendesak, biasa aja kok. Yang penting ada pemikiran ke arah sana (menikah-red),” tambahnya. Sejak putus cinta dari aktris Jullie Estele, Ello mengaku belum menemukan lagi pasangan yang cocok. Pilihan untuk tidak memikirkan urusan pribadi saat ini, diakuinya pula bukan karena trauma. “Enggak trauma kok. yang namanya hidup ada up and down-nya. Mungkin belum begitu jalannya sama dia. Diikhlaskan saja,” pungkasnya. Saat disinggung kriteria wanita idamannya, Ello pun menjawab bahwa dirinya tak memasang kriteria khusus untuk menjadi kekasih idamannya. “Gue enggak ribet sih, yang penting perempuan, seiman, dia bisa sayang sama keluarga gue, bisa nempatin diri,” ucap penyanyi yang namanya melejit lewat lagu ‘Pergi Untuk Kembali’ itu. (km/ami)

RABU, 27 JUNI 2012

15

METRO JATIM Jauharul Fushus: Nama perusahaannya tidak perlu saya sebut. Tidak etis. Yang pasti ada ratusan.

Sejak 2009 Sudah Menghilangkan Jejak SAMBUNGAN HALAMAN 9

Buron... Joni Manurung, ketua tim khusus intelijen Kejaksaan Agung yang memimpin penggerebekan ini menerangkan, sejak diputus bersalah oleh Mahkamah Agung (MA) tahun 2009, Okky Annete Kahimpong lebih memilih melarikan diri sehingga kejaksaan kebingungan untuk mengeksekusinya. “Sebenarnya, Oktober 2011 lalu, terpidana kasus penggelapan ini sempat pulang ke Manado selama dua bulan lamanya. Setelah itu, ia kabur lagi. Sejak itu, keberadaannya tidak diketahui lagi. Walaupun tempattempat yang dicurigai sebagai tempat persembunyiaannya telah didatangi, yang bersangkutan tidak ada di sana,” tandas Joni. Informasi yang berhasil digali Berita Metro, kasus ini a-

walnya terjadi 12 Nopember 2004 lalu. Ketika itu, Edward Ingkiriwang mengajak Lauw Kiantara Saputra dan Hendra Wihardja untuk berinvestasi dalam proyek pembangunan mall dan hotel di Manado, Sulawesi Utara. Kemudian, Edward Ingkiriwang memperkenalkan Lauw Kiantara Saputra dan Hendra Wihardja dengan Sutanto Adrian dan Leni Rompis. Pasangan suami istri ini dinyatakan sebagai pemilik lahan. Setelah melalui proses panjang, akhirnya disepakati Lauw Kiantara Saputra dan Hendra Wihardja sebagai penyandang dana dan Sutanto Adrian beserta dengan istrinya sebagai penyedia lahan. Akhirnya, pasangan suami

istri ini pun menyediakan 4 buah sertifikat lahan yang nantinya akan dipakai untuk pembangunan mall tersebut. Tanggal 17 juli 2004 bertempat di kantor notaris milik Okky, para pihak kemudian melakukan pembuatan, pembacaan, dan penandatanganan akta perjanjian No. 3 dan akta kuasa No. 4 dimana Sutanto Adrian sebagai pihak I, PT Sulenco Boulevard Indah yang diwakili Sutanto Adrian selaku Direktur Utama sebagai pihak II, Edwward Ingkirawang sebagai pihak ke II dan Lauw Kiantara Saputra serta Hendra Wihardja sebagai pihak ke IV. Tanpa sepengetahuan pihak ke IV, notaris yang tinggal di Jalan Sam Ratulangi 249, Kota Manado ini menggabungkan sertifikat Nomor 26, 27, 28, 29 di BPN Menado. Diam-diam,

keempat sertifikat ini kemudian diserahkan Okky ke Sutanto Adrian dan Leni Rompis. Oleh pasangan suami istri ini, keempat sertifikat tersebut kemudian diajukan ke bank. Keempat sertifikat itu ternyata dihargai Rp 102.171.867.000. Ternyata, aksi mereka bertiga ini diketahui para pemodal. Mereka pun dilaporkan ke polisi. Pada perkembangannya, di tingkat pertama, Okky dan Sutanto Adrian serta Leni Rompis dinyatakan tidak bersalah. Jaksa pun kasasi. Para hakim di MA pun berpendapat lain. Para terdakwa ini akhirnya dinyatakan bersalah. Dalam putusan MA bernomor 1449K tertanggal 29 Juni 2009, Okky dinyatakan terbukti melakukan penggelapan dan harus menerima hukuman satu tahun penjara. (pay/epe)

Manfaatkan Momentum PG Gempolkrep SAMBUNGAN HALAMAN 9

DPRD... Disisi lain Perda PPA juga banyak mengandung kelemahan. Dalam aturan itu, tidak ada kebijakan progresif. Perda itu juga belum mampu menjawab berbagai persoalan penting dalam pengelolaan air dan pengendalian pencemaran air. Seperti masalah kualitas air dan tingginya pencemaran sama sekali belum terjawab dalam perda ini. Padahal Perda yang disahkan Februari 2008 itu mempunyai beban untuk memulihkan lingkungan jika terjadi pencemaran. Praktis dalam praktiknya, Perda hanya mempunyai fungsi sebagai pemberi instruksi kepala daerah untuk menetapkan pedoman penghitungan daya tampung pencemaran. Ironisnya, pedoman penghitungan daya tampung pencemaran sudah diatur pada Keputusan Menteri KLH No. 110/2003

dan PP No. 82/2001. Padahal, seharusnya perda ini tinggal mengatur kewenangan gubernur dan bupati/walikota dalam menetapkan daya tampung beban pencemaran Perda itu juga tidak menjamin pemenuhan hak masyarakat atas air, khususnya air minum. Ini karena sungai sebagai bahan baku air minum sejumlah PDAM tidak memperoleh perlindungan yang layak dan memadai atas mutu air. Materi perda juga dinilai tidak memiliki visi keadilan antar generasi yang jelas. Sehingga perda ini tidak bisa memberi kepastian akan terjaganya seluruh sumber air untuk tetap lestari hingga dapat dinikmati generasi berikutnya. “Yang ada saat ini adalah usulan eksekutif adalah Raperda Pencemaran Udara, sedangkan

pencemaran kali atau air masih belum ada,” tandasnya. Irwan menandaskan, keuntungan dari adanya Perda tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air adalah keterlibatan semua pihak. Dampaknya tidak hanya pada hukum tapi juga kebijakan anggaran dan program, sehingga pihak yang terkait dengan upaya pengendalian pencemaran punya dasar hukum atau norma yang lebih serius dengan pencemaran di Jatim. Irwan mengakui, bahwa dalam posisi hukum sanksi perda lebih ringan dari UndangUndang. “Tapi dengan adanya Perda lebih mengikat secara lokal dan semua pihak akan terlibat dalam hearing dengan pihak terkait seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Pihak Industri serta dinas terkait sehingga punya kesa-

daran yang mendalam terkait pencemaran di Jatim,” katanya. Irwan juga mengatakan, pemerintah perlu meningkatkan pembinaan pada perusahaan di sepanjang Kali Surabaya. Sebab perusahaan tersebut juga berpotensi melakukan pencemaran di Kali Surabaya. Momentum yang terjadi pada Pabrik Gula (PG) Gempolkrep bisa dijadikan alasan untuk meningkatkan pembinaan dan pengawasan. Sementara, Ketua Komisi B Agus Dono menuntut sikap PTPN X untuk ikut bertanggungjawab atas masalah ini. Agus menilai PTPN X terkesan cuci tangan karena tidak hadir pada pembahasan bersama yang dilakukan di legislatif. “Padahal masalah ini khususnya masalah petani juga menjadi tanggung jawab mereka,” tandasnya. (vick/epe)

PDIP Masih Fokus Hasil Survei SAMBUNGAN HALAMAN 9

PKS... Menurutnya, ketika rakyat akhirnya memilih seorang cagub, tentunya berharap akan berharap dipimpin selama lima tahun. Bukan hanya satu tahun ke depan saja. “Makanya, kami ingin mengetahui bagaimana sikap Pakde ,” cetusnya. Bila nantinya ada jaminan dari Soekarwo tetap tak “tergoda” iming-iming pusat, Hamy mengatakan dirinya sendiri yang akan melobi DPP untuk segera mengeluarkan rekomendasi. “Kami akan segera memutuskan untuk ngusung Soekarwo sedini mungkin,” tegasnya. Hamy sendiri mengaku yakin

bahwa Soekarwo memutuskan masalah ini sebagai negarawan, bukan sebagai politisi. “Negarawan adalah seseorang yang lebih mendahulukan kepentingan dan kemaslahatan rakyat ketimbang kepentingan golongannya sendiri. Beda dengan politisi, yang wajar saja bila mendulukan kepentingan golongan atau pribadi ketimbang kepentingan dan kemaslahatan masyarakat,” ucapnya menyindir fenomena politik nasional kini. Selain PKS, nama Pakde memang disebut-sebut beberapa parpol. Diantaranya Partai

Damai Sejahtera dan Hanura. Sementara itu, Ketua PDIP Jatim, Sirmadji mengungkapkan, untuk pilgub pihaknya baru akan melakukan survei minggu depan untuk mencari sosok cagub yang bakal diusung. Survey itu, kata dia, setidaknya akan memunculkan lima nama yang nantinya menjadi lokomotif politik PDIP. Sebagai syaratnya, tambah dia, adalah tokoh yang memiliki segudang prestasi dan populer di kalangan masyarakat. Survey akan dilakukan untuk mencari sosok yang pas diusung PDIP maju dalam perhelatan pilkada di Jatim. “Bisa dari tokoh yang sudah ada, kepala daerah

yang sukses atau kader partai yang kompeten,” kata dia. Sirmadji menambahkan, survey itu bukan hanya untuk tokoh internal, namun juga tokoh eksternal. Dengan kata lain, tambah dia, PDIP siap jika harus berkoalisi dengan partai manapun selama itu sesuai tujuan PDIP. Ditanya siapa saja kemungkinan nama tokohtokoh yang akan muncul, Sirmadji enggan menyebutkan nama. Menurutnya, masih terlalu dini menyebut pada salah satu nama. “Nanti saja, pokoknya yang sudah memiliki kiprah,” tambahnya. (vick/epe)

Negara Muslim jadi Sasaran Kampanye Kondom Pelajar... Sementara itu, Anas juru bicara aksi menambahkan bahwa rencana kebijakan Kemenkes RI membagi-bagikan kondom merupakan rencana besar pihak asing yang ingin memporakporandakan negara-negara yang mayoritas penduduknya Islam, seperti Indonesia. “Bias-

SAMBUNGAN HALAMAN 9

anya mereka berdalih demi Hak Asasi Manusia dan MDGs. Padahal sejatinya ingin menghancurkan generasi Islam,” beber mahasiswa ITS Surabaya ini. Berdasarkan data BKKBN, jumlah wanita muda yang melakukan aborsi karena hamil

di luar nikah mencapai 2,3 juta. Ironisnya, lagi di kota-kota besar, para pelajar dan mahasiswa yang mengidap penyakit HIV/AIDS mencapai 47 persen dari 16 ribu pengidap HIV/AIDS yang ada di Indonesia. “Penyebab utama karena mereka sudah termakan budaya hedonis dan sekuler. Untuk mencegah, jalan terbaik

adalah dengan kembali menegakkan syariat Islam dan khilafah, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar,” pungkas Anas. Aksi yang berlangsung tertib itu tidak berlangsung lama, karena DPRD Jatim menjanjikan hari Kamis (27/6) besok akan audensi terkait aspirasi HTI Jatim. (vick/epe)

Instruksikan Stop Penerbitan SPM Baru Anggaran... Karenanya, Dinkes meminta pemkot/pemkab untuk tidak menerbitkan Surat Pernyataan Miskin (SPM) baru karena sudah terlalu banyak yang beredar di masyarakat. “Dari pemprov sudah habis, karena alokasi pendanaan Jamkesda sudah berdasarkan pagu sesuai perjanjian pemkot dan pemprov,” kata wanita berpotongan pendek tersebut, Selasa (26/6). Empat daerah yang kehabisan Jamkesda, Kabupaten Madiun, Kota Mojokerto, Kabupaten Ma-

SAMBUNGAN HALAMAN 9

lang, Kota Batu. Sedang daerah yang alokasi dari pemprov mendekati habis adalah Kabupaten Blitar, Sidoarjo, Lamongan, Bangkalan, Kota Malang dan Surabaya. Namun masih ada sumber pembiayaan lain jika daerah itu mampu. Seperti yang terjadi di Jember. Meskipun alokasi dari provinsi sudah habis, menurut Kepala Seksi Pembiayaan Dinkes Jatim, Elmi Eko, Jamkesda masih mendapat alokasi dari daerah yang ber-

sangkutan. Elmi menambahkan, Jamkesda merupakan pembiayaan untuk masyarakat miskin yang ditanggung secara ‘sharing’ oleh Pemprov dan Pemkot. Besarannya ditentukan dari perjanjian Gubernur bersama kepala Daerah. Jadi, tambah Elmi, sudah ditentukan besarannya sejak awal berapa jatah yang diberikan provinsi pada daerah. “Rata-rata fifty-fifty antara pemprov dan daerah,” ungkap Elmi. Sementara itu, Direktur Utama RS dr. Soetomo, Dodo Anondo mengatakan, meski-

pun Jamkesda sudah habis, pihaknya dan RSUD lain milik pemprov berkewajiban untuk tetap melayani masyarakat. Dodo menambahkan, pihaknya tidak mempermasalahkan alokasi Jamkesda yang sudah habis. Sebab, hal itu ditanggung sepenuhnya Dinkes Provinsi dan Kota/Kabupaten. Untuk masyarakat, harus ada kontak dengan Dinas Kesehatan untuk masalah itu. “Kita tetap melayani, tidak ada masalah. Harusnya RSUD lain juga tetap melayani,” kata dia. (vick/epe)

Penyeberangan Jawa-Bali Ditutup BANYUWANGI, (BM)Jalur penyeberangan Pelabuhan Ketapang - Gilimanuk ditutup selama lima jam dan baru dibuka Selasa (26/6) pukul 05.00 WIB, akibat cuaca buruk di perairan Selat Bali. Kepala PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (PT ASDP) Ketapang, Waspada Heruwanto mengatakan, penutupan tersebut dilakukan demi keselamatan para penumpang karena gelombang yang terjadi di Selat Bali cukup tinggi, dan sangat berbahaya bagi pelayaran. “Pelabuhan Ketapang ditutup sekitar lima jam dan jalur penyeberangan kembali dibuka pagi tadi sekitar pukul 05.00 WIB karena perairan Selat Bali kembali normal,” tuturnya.

Penutupan jalur penyeberangan itu berdampak pada kemacetan di sepanjang jalan menuju pelabuhan yang mencapai 5 kilometer, didominasi kendaraan roda empat dan bus pariwisata karena bertepatan dengan liburan sekolah. Hingga pukul 09.00 WIB, ratusan bus pariwisata, truk, dan kendaraan pribadi masih tampak antre memadati tempat parkir pelabuhan hingga jalur pantai utara (pantura) Banyuwangi-Situbondo. Menurut dia, pihak ASDP Ketapang terus berkoordinasi dengan operator pelayaran untuk menginformasikan kepada calon penumpang supaya mengetahui kondisi cuaca buruk yang sedang melanda perairan Banyuwangi dan sekitarnya. “Petugas akan terus menginformasikan kepada opera-

tor pelayaran terkait permasalahan ini dan pihak ASDP memperbolehkan kapal berlayar, apabila kondisi cuaca benarbenar mendukung untuk pelayaran,” paparnya. Dikonfirmasi terpisah, Kepala Badan Meteorologi Kimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi, Atmaji Putro mengatakan, buruknya kondisi cuaca di Banyuwangi tersebut dipengaruhi angin dari timur yang menyebabkan tinggi gelombang dan angin kencang yang mencapai 15-20 knot. “Kami prediksi tinggi gelombang bisa mencapai 4 meter untuk tiga hari kedepan, sehingga seluruh nelayan dan nahkoda kapal harus waspada terhadap ombak di perairan Selat Bali,” katanya. (ant/epe)

Karyawan Justru Dilaporkan ke Polisi SAMBUNGAN HALAMAN 9

Karyawan... Namun apa yang terjadi? Karyawan justru dilaporkan ke polisi dengan tuduhan melakukan fitnah kepada pemilik toko. Tak heran, keresahan itu memuncak Februari lalu. Apalagi ada tindakan pemilik toko yang membuat gusar dengan mengubah dalil tiga kali tidak salat adalah dosa besar sesuai agama menjadi selama tiga minggu pekerja hanya boleh salat sekali. “Ini tidak cukup. Tetap saja kami merasa kebebasan beribadah kami dikekang,” ujar dia. Bahkan akibat protes yang dilakukan karyawan baik secara lisan maupun demonstrasi berdampak pada pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 24 pegawai. Oleh karena itu, selain meminta larangan salat Jumat bagi pe-

gawai segera dicabut, SBK juga meminta agar rekan mereka yang di PHK kembali dipekerjakan. “Kami pernah dilaporkan ke polisi karena disebut memfitnah. Ya, silakan cek di lapangan apakah laporan kami fitnah atau tidak. Kami juga dituding indisipliner,” tandasnya. Lebih jauh, Mahfud Zakaria juga mengaku kecewa dengan ketidaktegasan yang ditunjukan anggota DPRD Kota Surabaya. Sebab sejak aksi pertama yang dilangsungkan pada beberapa bulan yang lalu, ternyata hingga saat ini para wakil rakyat tersebut belum mengambil tindakan apapun. “Kami meminta pertanggungjawaban DPRD Surabaya atas lambannya kinerja mereka yang berdampak pada PHK massal terhadap seluruh anggota kami yang ada di PT Hasil

Fastindo dan di Toko Hasil,” tukas Mahfud. Sementara menyikapi aspirasi yang disampaikan para buruh, Wakil Ketua Komisi D, Eddy Budi Prabowo, membantah keras jika komisinya tidak tegas dalam menindaklanjuti masalah tersebut. Dia menuturkan, beberapa waktu lalu laporan ini sejatinya sudah diterima. DPRD memanggil pemilik namun yang didatangkan hanya wakilnya. Ini menjadi sulit karena yang bersangkutan bukan penentu kebijakan. ”Kami tidak memiliki wewenang untuk memaksa. Maka itu, kami tawarkan solusi, pemkot saja yang mengundang, nanti kami pasti datang mengawal dalam pertemuan itu. Harus ada solusi,” tegas politisi partai Golkar ini.(bmb/epe)

Tuntut Ketegasan Instansi Pemerintah SAMBUNGAN HALAMAN 9

FSPMI ... Padahal, sebagai pemilik kebijakan, Disnaker maupun PT Jamsostek bisa melaporkan perusahaan nakal itu ke penegak hukum. Yang terjadi selama ini, hanya sekedar ketegasan administrasi. Kejaksaan menjadi salah satu contohnya. Pihaknya kerap menutut Ke-

jari untuk menyentil hidung para pengusaha yang sengaja memotong dana asuransi Jamsostek milik buruh, namun, saat itu Kejari hanya membantu dengan melayangkan surat peringatan saja. “Wewenang mereka itu memberikan bentuk konkret ketegasan. Jangan hanya memberi

peringatan tertulis yang bisa diabaikan para pengemplang hak buruh itu,” tambahnya. Di Sidoarjo sendiri, tambah Djamal, dua perusahaan besar diketahui mengemplang dana Jamsostek. Yakni PT Golden Tanggul Pratama dan PT Java Comfeed Indonesia. (arn/epe)

Jumlah Peserta Meningkat di Wilayah VI SAMBUNGAN HALAMAN 9

Belum... Dari kerjasama itu terungkap, ada ratusan perusahaan yang belum membayar kewajiban Jamsosteknya. Rinciannya, 173 perusahaan di kantor Jamsostek Darmo, 124 perusahaan di kantor Jamsostek Karimun Jawa dan 99 perusahaan di kantor Jamsostek Rungkut. “Nama perusahaannya tidak perlu saya sebut. Tidak etis. Yang pasti ada ratusan yang menunggak dan ini membuat terkejut,” kata Jauharul, Selasa (26/6). Lama tunggakan atau telat bayar Jamsostek ratusan perusahaan tersebut beragam, antara tiga sampai enam bulan. Nominal tunggakan plus denda yang harus ditagih pun lumayan besar. Di cabang Karimun Jawa sebesar Rp 4,5 miliar, Darmo Rp 1,8 miliar dan Rungkut Rp 1,5 miliar. “Dari seluruh perusahaan yang harus ditagih itu, kami baru berhasil menarik uang Jamsostek sebesar Rp 142 juta (Rp. 142.274.495,80),” jelasnya. Dana tersebut berhasil ditarik dari sekitar 20 perusahaan di wilayah kerja kantor Jamsostek Rungkut. Sementara di dua kantor Jamsostek lainnya baru pada tahap pemanggilan. Kasi Datun asal Pemekasan ini juga menerangkan, terkadang negosiasi pun dilakukan oleh perusahaan tertagih. Hal ini yang kemudian membuat Kejari harus berkoordinasi dengan kantor Jamsostek terkait. Kesediaan Kejari bekerja-

sama dengan Jamsostek menagih tunggakan perusahaan bukan semata soal jasa. Ini bertujuan penegakan hukum dalam hal ketenagakerjaan. “Undang-undang menyebutkan perusahaan yang memiliki lebih 10 karyawan atau memberi upah minimal Rp 1 juta wajib memberikan jaminan sosial kepada karyawannya,” tandasnya. Ketentuan itu juga tertuang di Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 1993 tentang penyelenggaraan program Jamsostek.Menurut Jauharul, jika perusahaan tidak melaksanakan atau menyelesaikan tunggakan itu maka langkah pidana dapat ditempuh. Untuk mengetahui itu, lanjut dia, maka dinas terkait (Disnaker, red) untuk lakukan pemeriksaan lebih lanjut. “Bisa saja diajukan pidananya, karena memang sudah terdapat peraturan pemerintah yang mengatur masalah ketenaga kerjaan tersebut,” tandasnya. Sayangnya, Kadisnaker Surabaya Dwi Purnomo yang coba dihubungi, nomor telepon 08155354xxxx dalam kondisi tidak aktif. Padahal sebagai kepanjangan tangan pemerintah pusat, Disnaker Surabaya punya kewajiban menjadi mediator agar tanggungan itu terbayar.Jika tidak, akan ada konsekuensi lebih besar yang berimbas pada jaminan masa depan pekerja. Sebelumnya, Kepala Kantor Wilayah VI PT Jamsostek, Junaedi mengemukakan, keikutsertaan tenaga kerja dan perusahaan baru untuk periode yang

sama tahun ini, memang meningkat 31,79 persen. Sedangkan dari sisi jumlah perusahaan yang bergabung sebagai peserta Jamsostek, peningkatannya lebih kurang 19,53 persen dibanding periode Januari-Mei 2011. Dengan tambahan tersebut, lanjut Junaedi, jumlah peserta Jamsostek yang tercatat di wilayah VI sebanyak 3.508.222 tenaga kerja dengan 38.539 perusahaan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.327.495 tenaga kerja dari 24.924 perusahaan masuk kategori peserta aktif, sedangkan 2.180.727 tenaga kerja dari 13.615 perusahaan sebagai peserta nonaktif. “Selain menambah kepesertaan baru dari sektor formal maupun informal, kami juga terus melakukan upaya persuasif kepada perusahaan yang nonaktif agar bisa kembali menjadi peserta aktif. Kami berharap jumlah peserta nonaktif terus menurun,” tambah Junaedi. Terkait pembayaran jaminan, Junaedi mengungkapkan, hingga Mei 2012 telah dibayarkan jaminan untuk program paket sebesar Rp 501,47 miliar, dengan porsi terbesar pada program Jaminan Hari Tua (JHT) sejumlah Rp 385,02 miliar untuk 51.615 kasus. Selanjutnya pembayaran program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) sebesar Rp 68,04 miliar, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) Rp 29,05 miliar, dan Jaminan Kematian (JKM) Rp 19,35 miliar. (at/arn/epe)

RABU, 27 JUNI 2012

16

METR

SPORT

INDONESIA SUPER LEAGUE

5

HASIL PERTANDINGAN SELASA (26/6) Persib 3-1 Deltras

Sriwijaya FC Persipura Persiwa Persija Persela Persiba Balikpapan Pelita Jaya Persib Mitra Kukar Persidafon Persisam Arema PSPS PSMS Persiram Gresik United Deltras PSAP

31 31 30 31 32 31 30 31 31 29 31 32 31 31 31 31 31 31

23 18 17 14 13 13 14 12 12 11 10 10 10 8 8 9 7 6

4 8 4 10 11 9 5 7 5 6 7 7 5 9 8 4 8 9

4 5 9 7 8 9 11 12 14 12 14 15 16 14 15 18 16 16

68-29 58-30 55-38 51-30 53-40 55-50 62-46 44-45 49-50 49-56 37-38 44-48 38-51 38-54 40-59 32-68 32-45 30-58

73 62 55 52 50 48 47 43 41 39 37 37 35 33 32 31 29 27

DELAPAN BESAR DIVISI UTAMA HASIL PERTANDINGAN Selasa (26/6) Grup B (Stadion Mandala Krida Yogyakarta) PS Barito 5-1 Persebaya Sumbawa Barat 1-2 PSIM KLASEMEN SEMENTARA 1 2 3 4

PS Barito PS Sumbawa Barat PSIM Persebaya

1 1 1 1

1 1 0 0

0 0 0 0

0 0 1 1

5-1 2-1 1-2 1-5

3 3 0 0

PS BARITO

PERSEBAYA

1

BABAK BELUR

KLASEMEN SEMENTARA 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18

Freddy Muli: Gol yang terlalu cepat pada babak pertama, membuat pemain down

JOGJAKARTA (BM) - Persebaya harus babak belur ketika mengawali Babak Delapan Besar Divisi Utama. Menantang Barito Putra di Stadion Mandala Krida, Jogjakarta, Selasa (26/6), Bajul Ijo menyerah dengan skor telak 1-5. Striker asing Barito, Nnenggue Bienvenu mencetak dua gol pada menit ke-17 dan 72. Striker Syaifullah Nazar tak ingin ketinggalan dengan menyumbangkan gol di masa injury time babak pertama. Dua gol lainnya diceploskan striker pengganti Nehemia Solossa menit 78 serta Sackie Doe pada menit ke-89. Satu-satunya gol pasukan Freddy Muli dicetak oleh Ri-

chard Obiora menit ke-50. Berawal dari umpan Khabib Syukron, sontekan Obiora tak mampu diselamatkan kiper Barito, Dedy Sutanto. Hasil ini membuat langkah Persebaya kian berat. Bila tidak mampu meraih kemenangan pada laga keduanya melawan tuan rumah PSIM Jogjakarta, Kamis sore (28/6), maka Persebaya bisa gagal promosi ke Indonesia Super League. Usai laga, pelatih Persebaya, Freddy Mulli, mengakui lawannya bermain lebih baik dibandingkan anak asuhannya. Menurut dia, semua lini Barito Putera hidup dan memiliki motivasi yang berlebih meng-

hadapi nama besar tim polesannya. “Anak-anak tidak mampu memanfaatkan keadaan. Ketika Obiora menciptakan gol ke gawang Barito dan justru membiarkan pemain lawan menyusun serangan. Gol yang terlalu cepat pada babak pertama, membuat pemain down,” tutur Freddy. Kapten tim Barito Putra, Agustiar Batubara mengatakan kemenangan telak ini berkat rekan-rekan tim yang bermain dengan determinasi tinggi. “Teman-teman mampu fokus meraih kemenangan pada laga tadi (kemarin, Red). Kami layak menang,” tegasnya ketika

dihubungi seusai pertandingan. Pelatih Barito Putera, Salahudin, bersyukur atas kemenangan besar dari Persebaya itu. Menurut Salahudin, masih banyak yang perlu diperbaiki timnya untuk menatap laga ke depan. “Kemenangan ini sebagai bekal untuk meladeni PS Sumbawa Barat pada laga kedua. Kami akan tetap all out untuk memenangkan laga agar mempermulus jalan menuju semifinal,” tutur Salahudin. Pada laga kedua, Persebaya akan menghadapi tuan rumah PSIM Jogjakarta, Kamis. PSIM sendiri sukses meraih angka sempurna pada jam kedua kemarin. Mereka mengalahkan

PS Sumbawa Barat 2-1. Kedua gol kemenangan Laskar Mataram tersebut masing-masing diciptakan oleh kapten tim Nova Zaenal pada menit ke-66 dan striker asal Belanda Emile Linkers tiga menit kemudian. PSIM tertinggal terlebih dulu dari Sumbawa Barat yang berhasil mengoyak gawang Agung Prasetyo pada menit ke27 melalui gol Antonio Teles Junior. “Sumbawa bermain sangat bagus dan patut diacungi jempol. Kemenangan kami adalah karena faktor keberuntungan,” kata asisten pelatih PSIM, Maman Durachman. (dek/ant/ibn)

LEG KEDUA SEMIFINAL PIALA INDONESIA

SEMEN PADANG

PERSEBAYA

Waspada Spirit Double Winner SURABAYA (BM) - Kemenangan 2-0 atas Semen Padang pada leg pertama semifinal Piala Indonesia, membuat Persebaya hanya butuh hasil imbang, sore ini di Stadion H Agus Salim, Padang. Hanya saja, Semen Padang tengah membidik double winner usai mengamankan status juara Indonesian Premier League (IPL). Oleh sebab itu, anak asuh Divaldo Alves belum aman di leg kedua semifinal. Persebaya sebenarnya hanya butuh imbang atau kalah tak lebih dari satu gol. “Tim ini tetap semangat dan enjoy. Kami akan fokus sebab semua elemen di klub ini mengiginkan final,” kata pelatih Persebaya Divaldo Alves, Selasa (26/6). Hanya saja, skuad Bajul Ijo terkendala masalah kebugaran usai menempuh perjalanan panjang dari Surabaya menuju Padang. “Kondisi pemain ca-

FOTO:BM/TOVAN BEKA

Otavio Dutra

pek, karena perjalanan satu hari dan harus transit di Jakarta,” ucap Divaldo. Selain masalah kebugaran, Persebaya juga tidak dapat menurunkan striker andalan, Fernando Soler karena akumulasi kartu kuning. Padahal striker asal Argentina itu sudah mengemas dua gol di Piala Indonesia, dan delapan gol di IPL meski baru bergabung setengah musim. Namun, Divaldo telah mempersiapkan Miko Ardiyanto, Feri Ariawan dan Rian Wahyu. Dari ketiga nama itu, Feri dan Rian bisa menjadi alternatif. Hadirnya Rian bisa menjadi alternatif bila Rendi Irwan dan Andik Vermansyah harus memulai laga dari bangku cadangan karena belum pulih 100 persen. “Rendi masih dalam proses penyembuhan, sudah 70 persen. Kelihatannya sudah oke. Andik juga belum 100 persen,” sambung pelatih asal Portugal ini. Divaldo mengindikasikan kembalinya posisi Mat Halil di belakang. Halil dan Erol Iba akan beroperasi di bek kanan dan kiri. Sedangkan bek tengah ditempati duet Otavio Dutra dan Jefri Prasetyo. Dibawah mistar tetap menjadi milik Endra Prasetya. Divaldo kemungkinan menurunkan trio Taufiq, Mario Karlovic dan Aulia Ardli di lini tengah. Sedangkan trio lini depan dipercayakan pada Feri Ariawan, Rian Wahyu dan Rendi Irwan. (dek/ibn)

FOTO:BM/ANTARA

SERANG WASIT: Penjaga gawang Deltras Sidoarjo Herman Batak (58) menyerang wasit Novari Ikhsan pada lanjutan pertandingan Indonesia Super League (ISL) antara Persib Bandung dan Deltras Sidoarjo di Stadion Siliwangi Bandung, Jawa Barat, Selasa (26/6). Pertandingan sempat terhenti karena para pemain Deltras Sidoarjo mengejar wasit. Pertandingan berakhir dengan kemenangan Persib Bandung dengan skor 3-1.

3

PERSIB

FOTO:BM/TOVAN BEKA

Djoko Susilo

Persipura wajib menang. Saat lawan Arema, kami berusaha

1

Kalah, Salahkan Wasit BANDUNG (BM) – Pelatih Deltras FC, Blitz Tarigan menyalahkan wasit atas kekalahan timnya 1-3 dari Persib Bandung di ajang Indonesia Super League (ISL). Usai memimpin timnya berlaga di Stadion Siliwangi, Blitz menilai timnya berantakan seiring keputusan wasit Novari Ikhsan mengkartu

GU Sulit Lolos Degredasi GRESIK (BM) - Gresik United (GU) sedang terjerembab di zona degradasi seiring 18 kekalahan yang dideritanya. Untuk bisa lolos degradasi, pelatih GU Djoko Susilo menyatakan perlunya Laskar Joko Samudro finis dengan nilai 37. Padahal, GU yang kini mengoleksi poin 31 hanya menyisakan tiga laga dengan menantang tim-tim kuat. Yakni away ke kandang Arema yang tengah punya tren positif pada 30 Juni. Selain itu, mereka harus mejamu dua tim kuat Papua, Persiwa Wamena pada 4 Juli dan Persipura pada 11 Juli. “Memang berat, tapi saya tetap berusaha supaya tim ini tidak degredasi. Saya masih optimistis akan masa depan tim ini,” kata pelatih GU, Djoko Susilo, Selasa (26/6). Joko menyatakan bahwa enam poin tambahan harus diraih saat melakoni dua laga home melawan Persiwa dan Persipura di Stadion Petrokimia Gresik. “Lawan Persiwa dan

DELTRAS

mencuri angka. Memang berat sih, tapi harus berusaha terus,” ucap pelatih asal Malang ini. “Sebenarnya nilai 37 belum aman, karena kami harus melihat hasil tim lainnya yang juga sedang berjuang menghindari degredasi,” imbuh Djoko. Mereka harus bersaing dengan tim-tim yang sedang terancam degradasi pula. Seperti Deltras Sidoarjo, Persiram Raja Ampat Papua, PSMS Medan dan PSPS Pekanbaru. (dek/ibn)

merah kiper Herman Batak di awal babak kedua. Herman diusir setelah memukul wasit Novari. Sebelumnya Herman memprotes keputusan wasit yang memberi Persib hadiah penalti pada menit ke-49. Dalam tayangan ulang Herman memang terlihat melanggar striker Persib, Noh

Alam Shah di kotak penalti. “Deltras telah berjuang maksimal pada pertandingan ini. Harus saya katakan yang menang adalah wasit. Pemain kami jadi emosional karena keputusan wasit. Kalau seandainya kami mencetak gol lebih dulu, mental pemain kami akan terangkat,” ujar Blitz. “Saya tidak tahu apakah kiper saya (Herman) mengenai kaki lawan atau bola. Saya tidak tahu karena belum melihat rekamannya,” sambung Blitz. Pertandingan Persib melawan Deltras

sendiri harus terhenti selama 10 menit gara-gara Herman yang bersikap emosional karena tidak terima dengan keputusan wasit. “Mereka lepas kontrol karena sudah terakumulasi keputusan wasit sebelumnya,” ujar Blitz. Menurut dia, permainan kedua tim sebetulnya bagus, termasuk gol Persib yang dianggapnya tercipta dengan proses matang. Baginya, masalah terletak pada

wasit yang tidak memberikan kepemimpinan yang adil. Beberapa keputusan yang membuat pemain kecewa antara lain digagalkannya peluang tendangan penalti di awal pertandingan setelah Budi Sudarsono dijatuhkan di kotak penalti. Namun, wasit tidak memberikan tendangan penalti, berbeda dengan kasus yang memicu keributan di menit ke-49. (vvn/kom/ibn)


Berita Metro