Page 1

HARIAN PAGI TERBIT 16 HALAMAN REDAKSI: 087851745666 IKLAN: 0818399087 LANGGANAN/SIRKULASI: (031) 5318686 PENGADUAN: 0812 1697 8686

HARGA ECERAN: RP 2.500,LANGGANAN: RP 45.000,-/BULAN

JUMAT, 15 JUNI 2012

RUSUH MASSA: (foto kiri) Sejumlah aparat kepolisian mengamankan lokasi kerusuhan yang mengakibatkan beberapa kendaraan terbakar di kawasan Waena, Jayapura, Papua. (foto atas) Wakapolda Papua, Paulus Waterpauw (tengah) melakukan pemantauan di TKP, Kamis (14/6). Rusuh massa terjadi menyusul penangkapan Ketua I KNPB (Komite Nasional Papua Barat), Mako Tabuni oleh pihak berwenang.

Ketua Ormas Ditangkap, Papua Rusuh JAYAPURA, (BM) - Kerusuhan pecah di bumi Papua. Tepatnya di Ibukota Papua, Jayapura. Massa dari Komite Nasional Papua Barat (KNPB), bertindak brutal pasca penangkapan Pimpinan mereka Maco Tabuni oleh Aparat Gabungan dari Reskrim Polda Papua dan

Bareskrim Mabes Polri, Kamis (14/6) pukul 11.200 Wit. Pimpinan KNPB Mako Tabuni memang dilaporkan ditembak polisi saat hendak ditangkap di pertigaan pangkalan ojek dekat kampus Universitas Cenderawasih Waena Jayapura.  Baca Ketua... HALAMAN 7

FOTO-FOTO: BM/ANTARA

Penggalan cerita tentang jual beli kursi di Fakultas Kedokteran semakin menarik. Transaksi ilegal yang sudah jalan bertahun-tahun itu nyaris tidak pernah tersentuh hukum karena melibatkan banyak pejabat penting di negeri ini. Selain melibatkan makelar handal, praktek tersebut ternyata dibekingi oknum anggota DPR RI hingga salah satu pejabat penting di lingkungan Kejaksaan Tinggi di Jawa Timur. tersebut cukup menggiurkan. Mereka bisa menjual ‘kursi’ tersebut hingga meraup untung miliaran. Seorang Dosen Unair, Kamis (14/6)

Tersindir Pidato SBY, Marzuki Siap Mundur JAKARTA, (BM) – Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Marzuki Alie ternyata ikut tersindir dengan pidato bosnya, Susilo Bambang Yudhoyono. Dilaporkan kecipratan uang hadiah alokasi dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah (PPID) Rp 300 miliar, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) itu pun mengaku siap mundur dari Senayan FOTO: BM/DOK dan partainya. Hal ini akan dilakukan Marzuki jika laporan suap yang dikumandangkan terdakwa Kalau jadi kasus dana PPID WA tersangka Ode Nurhayati itu terbukti. Marzuki melebih baik mengundurkan ngatakan, pidato SBY Rabu (13/6) malam di diri. Prinsip depan puluhan pendiri saya seperti dan deklarator PD merupakan peringatan itu. keras kepada siapa saja kader partainya yang terbelit perkara korupsi. Marzuki Alie Ketua DPR RI “Kalau jadi tersangka lebih baik mengundurkan diri. Prinsip saya seperti itu,” katanya kepada wartawan di gedung DPR, Kamis (14/6).

siang membeberkan, bahwa uang ‘pelicin’ yang diklaim oleh Unair sebagai dana partisipasi pendidikan itu bernilai cukup besar. “Kalau Rp

Tahun

Tuan Rumah

Prestasi

1964

Spanyol

16 Besar

1968

Italia

Kualifikasi

1972

Belgia

Kualifikasi

1976

Yugoslavia

Juara Ketiga

1980

Italia

Penyisihan

1984

Prancis

Kualifikasi

1988

Jerman Barat

Juara

1992

Swedia

Semifinal

1996

Inggris

Perempatfinal

2000

Belgia-Belanda

Semifinal

2004

Portugal

Semifinal

2008

Austria-Swiss

Perempatfinal

2012

Polandia-Ukraina

???

pernah membantu memasukkan salah seorang mahasiswa ke Fakultas Kedokteran Unair.  Baca Dibekingi... HALAMAN 7

SALAM PAHIT: Pilar Der Panzer, Toni Kroos (kiri) menjabat tangan gelandang Belanda, Rafael van der Vaart (kanan) setelah laga di Metalist Stadium, Kharkiv, Kamis dinihari WIB (14/6).

BELANDA MERANA

Korupsi tak pandang bulu. Tak pandang usia, tak pandang jabatan. Juga tak pandang jenis kelamin. Tak hanya pria, pelaku kejahatan ini juga kerap dilakukan oleh kaum hawa.

MODEL kereta api ini mengambil 500.000 jam kerja dan membentang lebih dari 4 km² dengan rencana untuk meningkatkan ini untuk 6km pada tahun 2014. Jalur kereta api model berlangsung selama 9km dengan biaya sebesar 7,3 juta Euro. Dinamakan Loxx setelah Loks kata Jerman berarti lokomotif.. Hal ini dijelaskan sebagai salah satu model kereta api terbesar di ‘gauge O’ dan menggambarkan East Coast Main Line dari London King Cross (Inggris) ke Leeds Tengah. (ami)

 Baca Hari Ini... HALAMAN 7

 Baca Belanda... HALAMAN 7

Miranda Bersebelahan dengan Angie

MINIATUR TERBESAR

JAKARTA, (BM) – Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang perdana gugatan uji materi pasal 18 UU Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2012 yang menjadi dasar pengucuran uang negara untuk penanggulangan dampak semburan lumpur Lapindo. Agenda sidang ini disampaikan Tim Penyelamat APBN Korban Lapindo selaku kubu penggugat. “Majelis hakim MK telah mengeluarkan jadwal sidang gugatan yang kami ajukan dimana sidang perdana akan dilangsungkan Jumat (15/6),’’ ujar kuasa hukum Tim Penyelamat APBN Korban Lapindo Taufik Budiman di Jakarta, Kamis (14/6).

KHARKIV (BM) – Laga kedua Grup B, di Stadion Kharkiv, Ukraina, Kamis dinihari WIB (14/6) membuat Belanda tersudut di dekat pintu keluar perhelatan Euro 2012. Setelah kalah oleh Denmark 0-1, tim asuhan Bert Van Marwijk itu kembali merana karena kalah oleh Jerman dengan skor 1-2. Dalam laga tersebut, dua gol Jerman diborong Mario Gomez di menit 24 dan 38. Belanda hanya mampu sekali membalas melalui aksi Robin van Persie di menit 73. Satu gol itu menjadi bagian dari hasil Van Marwijk memutar otak. Mengubah formasi Belanda menjadi 4-4-2 yang tak biasa bagi de Oranje. Klass-Jan Huntelaar dimainkan untuk mendukung Van Persie, sedangkan kapten Mark van Bommel diganti dengan Rafael van der Vaart.

Para Wanita Penghuni Penjara KPK

FOTO: BM/IST

FOTO: BM/MADJI

Hari Ini, MK Sidangkan Gugatan Lapindo

DI ATAS ANGIN: Fans Jerman merayakan kemenangan kedua timnya. Hasil ini membuat Jerman berpeluang besar dalam perebutan tiket perempat final Euro 2012.

 Baca Tersindir... HALAMAN 2

JAGAD UNIK

700 juta itu kecil. Ada yang ngisi Rp 1,5 miliar sampai Rp 2,5 miliar,” cerita dosen ini. Dia mengaku tahu persis karena

KIPRAH BELANDA DI EURO

FOTO-FOTO: BM/DAYLIFE

SURABAYA, (BM)- Keterlibatan beberapa pejabat penting itu karena ‘bisnis’ jual beli kursi mahasiswa di Fakultas Kedokteran Unair

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) membuat terobosan dengan menyediakan rumah tahanan. Uniknya, tiga penghuni pertama adalah perempuan. Mereka adalah Mindo Rosalina Manulang, Angelina Sondakh dan Miranda Goeltom. Jika korupsi di masa lalu didominasi lelaki, tapi seiring perkembangan zaman semuanya berubah. Lelaki yang dekat dengan kekuasaan, jabatan, dan pemegang kebijakan, seolah hanya cerita lama.  Baca Miranda... HALAMAN 7

FOTO: BM/ANTARA

GELISAH: Duta Besar Malaysia Dato Syed Munshe Afdzaruddin Bin Syed Hassan (kanan) mendatangi KPK setelah penasihat Kerajaan Malaysia ditangkap KPK bersama Neneng.

Penerbangan Neneng Tak Terlacak Imigrasi

FOTO-FOTO: BM/DOK

MENDERITA: Neneng Sri Wahyuni (kiri), Miranda Goeltom (tengah), dan Angelina Sondakh, tiga wanita penghuni penjara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Alamat Redaksi: Jl. Tunjungan No. 86 Surabaya Telp: 031 - 5318686, 5323414 Email: red_beritametro@yahoo.co.id

JAKARTA, (BM) – Banyak kejanggalan dalam proses penangkapan Neneng Sri Wahyuni di rumahnya, Pejaten Jakarta, Rabu (14/6) sore lalu. Selain ikut ditangkapnya dua pengawal Neneng yang berstatus penasihat Kerajaan Malaysia, kedatangan tersangka korupsi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) tersebut ke tanah air ternyata tidak terlacak oleh Keimigrasian Indonesia. Makanya, kronologis penangkapan Neneng yang sebenarnya masih misterius.  Baca Penerbangan... HALAMAN 7

Beritametro Surabaya


Pramono Tantang Wa ode Buktikan SAMBUNGAN HALAMAN 1

Tersindir...

Saat ditanya apakah pernyataan itu ditujukan kepada Angie, Anas dan Andi, Marzuki mengiyakan. Menurutnya, ketiga orang itu sebaiknya mundur dari Partai Demokrat. Namun secara umum, Marzuki mengatakan pernyataan SBY berlaku bagi seluruh kader Demokrat. “Partai Demokrat itu mengusung karakter bersih, cerdas, dan santun. Jadi kalau tidak mengikuti itu ya sudah keluar saja. Itu kan normatif dan tidak ada sesuatu yang aneh,” katanya. Kader Demokrat yang paling sering disebut dalam pemberitaan kasus korupsi memang tiga orang ini, yakni Ketua Umum Anas Urbaningrum, Andi Alfian Mallarangeng dan Wakil Sekretaris Jenderal Angelina Patricia Pingkan Sondakh yang sudah tersangka. Satu lainnya sudah dipecat, yakkni bekas Bendahara Umum PD M Nazaruddin, kini terpidana perkara korupsi Wisma Atlet. Akibat banyak elitnya yang terbelit kasus korupsi ini, elektabilitas dan citra Demokrat kian luntur. Tak heran jika SBY berang. Ia menyatakan akan mengusir kader partainya yang terjerat kasus korupsi. Saat pidato sekitar 20 menit tadi malam, SBY menyatakan, jika tak ingin diusir, kader tersebut harus melaksanakan garis politik partai yang bersih. “Garis politik ini akan tetap dijalankan Partai Demokrat ke depan. Jadi, yang tak sanggup lebih baik mundur dan keluar,” kata SBY dalam pembukaan acara Silaturahmi Pendiri dan Deklarator Partai Demokrat di Hotel Sahid Jaya. Ketegasan SBY ini ternyata menyentil Marzuki yang disebut menerima uang suap Rp 300 miliar dari alokasi dana PPID. Hal itu disampaikan terdakwa Wa Ode dalam persidangan di Pengadilan Tipikor, beberapa waktu lalu. Politisi Partai Amanat Nasional itu mengatakan, berdasarkan tenaga ahli Banggar, kode K (Ketua) memiliki jatah Rp 300 miliar. Sedangkan Wakil ketua dan pimpinan Banggar kebagian Rp 250 miliar. Tak hanya Marzuki, Wakil Ketua DPR Pramono Anung ikut gerah dengan tudingan Wa Ode. Ia menantang mantan anggota Badan Anggaran itu membuktikan tuduhannya. “Kalau memang ada, silakan Wa Ode buktikan. Kalau memang ada (buktinya), silakan saja,” kata Pramono di kompleks Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (14/6). Politisi PDi Perjuangan ini mengatakan, pimpinan DPR sama sekali tidak ikut membahas masalah anggaran di Banggar. Dia juga mengaku tak tahu soal pembahasan alokasi dana PPID. (arw/tp/kc)

PARPOL

FOTO: BM/MADJI

Soekarwo

JUMAT, 15 JUNI 2012

2

Hendarman: Kalau KPK minta, saya penuhi. Kalau saya mengusut, ya enggak lah.

Empat Pembantu Baru Presiden SBY Tebar Janji

Hendarman Paling Disorot Hambalang Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah melantik empat pembantu barunya yang mengisi kekosongan kursi di kabinet Indonesia Bersatu jilid II, Kamis (14/6). Keempatnya pun langsung menebar janji jabatan sebagai layaknya para pejabat tinggi lain yang baru dilantik. Namun yang paling mendapat sorotan adalah janji Kepala Badan Pertanahan hendarman Supandji. JAKARTA, (BM) – Mantan Jaksa Agung yang menggusur Joyo Winoto dari kursi Kepala BPN ini akan membantu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengurai benang kusut sertifikat proyek Hambalang, Bogor. “Kalau KPK minta, saya penuhi. Kalau saya mengusut, ya enggak lah. Saya tetap membatasi kewenangan saya,” ujar Hendarman. Ucapan Hendarman ini mengisyaratkan dirinya sebagai kepanjangan tangan SBY untuk menuntaskan kasus Hambalang. Sebab, bagaimanapun, Partai Demokrat sangat berkepentingan terhadap pe-

Soekarwo Pasrahkan Anas ke SBY JAKARTA, (BM) - Dewan Pimpinan Daerah Demokrat Provinsi Jawa Timur terkesn pasrah dengan nasib Ketua Umum Anas Urbaningrum yang terus disudutkan opini publik soal dugaan terlibat skandal korupsi Hambalang. Ketua DPD PD Jatim, Soekarwo yang ikut disebut-sebut bagian dari tim khusus kudeta Anas menyerahkan nasib Anas ke Ketua Dewan Pembina PD, Susilo Bambang Yudhoyono. “Kami sudah sampaikan di pertemuan kemarin (pertemuan di Jakarta). Ini menyangkut Ketua Umum, jadi silakan Ketua Dewan Pembina bersikap,” kata Ketua DPD Demokrat Jawa Timur, Soekarwo, Kamis (14/6). Walau begitu, kata Karwo, jika ada kebijakan memecat Anas, maka Wanbin maupun DPP wajib mengajak bicara seluruh DPD I. Penyelesaian ini diharapkan secepat dilakukan. “Kalau tiap hari digebuki terus, meskipun belum putusan itu bener atau salah, ya, remek kami. Jadi harus cepat diselesaikan ini,” kata Gubernur Jatim itu. (arw/tp)

POLITIK

nuntasan kasus ini. Partai binaan SBY ini merasa tersandera dengan merebaknya skandal proyek senilai Rp 1,2 triliun -belakangan dilaporkan Rp 2,5 triliun- ini. Ditambah, lambannya KPK menaikkan kasus ini ke penyidikan dan bahkan tidak memilik bukti cukup untuk menjerat Ketua Umum PD Anas Urbaningrum membuat gerah internal Demokrat yang kontra Ketum. Padahal, kelompok penentang Anas, termasuk dari eksternal PD sudah kebelet menggulingkan politisi kelahiran Blitar, Jatim tersebut dari kursi Ketum. Namun rumor ini beberapa kali dibantah elit PD. Mereka meyakini jika pencopotan Joyo Winoto dan pengangkatan Hendarman menjadi Kepala BPN tak terkait Hambalang. Tak hanya soal Hambalang, Hendarman berjanji akan mengemban dua tugas khusus yang dipesankan presiden kepada dirinya. Apa tugas itu? Pertama, Hendarman diminta melanjutkan reformasi agraria. Untuk menjalankan tugas ini, Hendarman menyatakan, salah satu langkahnya adalah dengan mendistribusikan tanah ke rakyat sebaik-baiknya. “Kalau dari Undang-Undang Agraria dan TAP MPR, distribusi tanah itu utamanya untuk

petani kecil yang membutuhkan dan bisa mengelola tanah,” katanya usai dilantik, kemarin. Persoalan kedua, menyelesaikan sengketa pertanahan yang kian menjamur di tanah air. Kemudian untuk mengurangi sengketa tanah, Hendarman telah meminta bawahannya untuk mengumpulkan data soal sengketa tanah tersebut. Tujuannya untuk dilakukan pemetaan hingga merumuskan bagaimana cara menyelesaikan sengketa tanah itu. “Saya harap semuanya berjalan lancar,” katanya. Selain Joyo, tiga pejabat lain yang dilantik presiden adalah, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rudi Rubiandini menggantikan almarhum Widjajono Partowidagdo. Ia berjanji akan fokus dalam pembangunan sektor infrastruktur energi. Menurutnya Indonesia hanya memiliki minyak 0,3 persen dari cadangan dunia, sedangkan gas 1,2 persen. Untuk panas bumi, kata dia, Indonesia memiliki 40 persen dari cadangan dunia. Indonesia juga memiliki potensi lainnya seperti batu bara dan solar. “Jangan sampai kita masuk dalam kondisi net importir energi. Kita sudah memasuki net importir minyak dan jangan sampai net importir energi terjadi. Karena itu diversifikasi harus terjadi,” terang Rudi di Is-

tana Negara, Jakarta, Kamis (14/6). Berikutnya, SBY juga melantik pengganti almarhum Endang Rahayu Sedyaningsih, yakni Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi. Ia berkomitmen akan terus memperjuangkan Rancangan Peraturan Pemerintah Tentang Pengamanan Produk Tembakau (RPP Tembakau). Menurutnya, banyak pihak yang berpendapat bahwa industri rokok telah memberikan pemasukan yang cukup signifikan bagi pendapatan negara dan telah membuka lahan pekerjaan bagi petani tembakau. “Namun kita tidak boleh mentolerir dampak buruknya bagi generasi muda dengan alasan ekonomi,” katanya. Terakhir, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang baru dilantik, Chatib Basri. Ia menyatakan siap membuat iklim investasi di Indonesia nyaman untuk investor dalam maupun luar negeri. “Paling penting sebenarnya, saya kira krisis ini bisa mulai memberikan dampak kepada Indonesia, bisa dalam 100 hari. Hitunglah dunia yang sulit, Indonesia tetap jadi pilihan. Peluangnya ada tinggal dari sisi kita sekarang, apa yang perlu diatasi saya kira soalnya masih klasik.,” ujarnya. (arw/dt/tp)

Perpres Wamen Resmi Digugat Berpotensi Penyalahgunaan Wewenang dan Buka Celah Korupsi Baru JAKARTA, (BM) – Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi (GNPK) resmi menggugat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 60 Tahun 2012 tentang Wakil Menteri (Wamen) ke Mahkamah Agung (MA), Kamis (14/6). LSM pemerhati pemberantasan korupsi ini meminta MA membatalkan Perpres tersebut. Ketua GNPK Adi Warman menilai, kekuasan yang didapat wamen lebih besar ketimbang anggota kementerian lainnya. “Dari situ bisa muncul potensi abuse of power (penyalahgunaan kekuasaan) yang memicu tindak

pidan korupsi,” ujarnya saat ditemui usai melakukan pendaftaran gugatan di MA. Dalam Perpres tersebut, kata dia, wamen dinyatakan dapat menjalankan perintah khsusus dari presiden. Menurut Adi, pemberian kapasitas tersebut, menurut Adi malah membuat ‘matahari kembar’ dalam satu kementerian. Selain itu, hal tersebut juga dapat digunakan sebagai kepentingan politik, yakni pada ajang pemilihan umum. Sebab, akan ada banyak wamen yang berasal dari partai politik. Selain itu, GNPK berpendapat

Perpres pengangkatan wamen baru tersebut bertentangan dengan Pasal 9 dan 10 Undang-Undang (UU) Kementerian Negara. Selain itu, produk baru hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut juga bertentangan dengan UU No. 12/2011. Karena itu, GNPK meminta MA untuk segera membatalkan Perpres tersebut. Kendati demikian, Adi mengakui bahwa presiden memiliki hak prerogatif untuk membentuk wamen. Namun, dia menganggap dalam Perpres baru tersebut, ada banyak hal yang seharusnya tidak dilakukan para legal drafter yang

membantu presiden. Seharusnya, kata dia, presiden bisa lebih cermat, teliti, dan tidak ceroboh dalam memaknai putusan MK. “Kami kasihan juga. Hari ini dilantik, hari ini digugat. Tapi demi mencegah korupsi, ya harus digugat,” ujar Adi. GNPK tidak sendirian dalam melayangkan gugatan ini. Pakar Hukum Tata Negara yang belakangan menjadi musuh besar Presiden SBY di bidang hukum, Yusril Ihza Mahendra juga mempersoalkan Perpres tersebut. Dalam hal tersebut, Yusril mempersoalkan dalam dua hal.

Pertama yang diperoalkan Yusril adalah beban kerja khusus yang membutuhkan penanganan secara khusus. Kedua, kekuasaan presiden dapat mengangkat wamen pada kementerian tertentu. Menurutnya, aturan tersebut tidaklah sejalan dengan maksud dari Pasal 10 UU Kementerian Negara. Dalam pengertian yang terkandung dalam Perpres tersebut, wamen diangkat oleh presiden untuk menangani beban kerja yang membutuhkan penanganan khusus. “Bukan membantu menteri dalam menangani seluruh tugas pokok,” ungkapnya. (arw/rpk)

Sidang Uji Materi Pasal 208 UU Pemilu

MK Gamang Putuskan Tuntutan Berbeda dari Dua Kelompok Penggugat JAKARTA, (BM) - Mahkamah Konstitusi (MK) mulai menyidangkan gugatan uji materi Pasal 208 Undang-Undang (UU) Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD, Kamis (14/6). Gugatan yang dilayangkan gabungan 23 partai politik ini mempersoalkan ketentuan ambang batas (parliamentary threshold) nasional sebesar 3,5 persen yang dinilai mengingkari kedaulatan rakyat. Gabungan 23 parpol kecil ini adalah PPN, Partai Merdeka, Partai Indonesia Sejahtera, Partai Pelopor, Partai Buruh, Partai Republika, PKNU, PKPB, Partai Demokrasi Pembaharuan, Partai Matahari Bangsa, Partai Bulan Bintang, Partai Kedaulatan Rakyat, Partai Patriot, PDS, PKPI, PPPI dan PPDI. Selain mereka, koa-

lisi LSM juga turut mengajukan gugatan ke MK. Namun dua kelompok ini mengajukan tuntutan berbeda. Meskipun, materinya sama yakni pasal 208. Dalam sidang panel dengan agenda pemeriksaan pendahuluan ini dipimpin Hakim Konstitusi Harjono dengan anggota Achmad Fadlil Sumadi dan Maria Farida. Majelis panel menyarankan kedua pemohon berkoordinasi terlebih dahulu karena petitum yang diharapkan kedua Pemohon berbeda antara satu dengan yang lain. “Permohonan uji materinya sama, tetapi tuntutannya berbeda. Yang satu minta dibatalkan, yang satu minta ditafsir ulang. MK tidak bisa memberikan putusan mengabulkan kedua permintaan. Sebaiknya Pemohon saling berkoordinasi,”

kata Harjono. Untuk itu majelis panel memberikan waktu 14 hari bagi pemohon untuk memperbaiki permohonannya. Perbedaan tuntutan dua kubu penggugat itu yakni Koalisi LSM meminta MK membatalkan pasal 208. “Berlakunya ambang batas secara nasional dalam Pasal 208 didesain dengan sengaja untuk menganulir pilihan rakyat khususnya di daerah,” kata Kuasa Hukum Koalisi LSM Veri Junaidi saat membacakan permohonannya di MK Jakarta, kemarin. Menurut Veri, pemberlakuan ambang batas secara nasional yang disahkan dalam Pasal 208 UU Pemilu ini menghilangkan kebebasan rakyat untuk menjatuhkan pilihan dalam Pemilu. Ia menjelaskan bahwa pemberian suara untuk memilih anggota DPR tidak

boleh menjadi dasar untuk menentukan keterpilihan anggota DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota. “Bisa saja, pilihan rakyat berbeda untuk setiap kotak suara atau pilihan politiknya,” kata Veri. Sedangkan anggota tim kuasa hukum gabungan 23 parpol kecil, Andi M Asrun, menyatakan pemberlakuan Pasal 208 UU Pemilu jelas merugikan para Pemohon. “Kebijakan kenaikan angka ambang batas secara flat dari nasional sampai ke daerah akan merugikan para Pemohon, karena banyak suara rakyat pemilih yang akan memilih para Pemohon akan hilang begitu saja jika perolehan suara dalam Pemilu untuk DPR tidak memenuhi ambang batas,” kata Asrun. Terkait dengan argumen ini, Andi meminta MK menghapus

FOTO: BM/DOK

GUGAT UU PEMILU: Ketua PKPI Sutiyoso (Kiri) memimpin gabungan parpol menggugat pasal 208 UU Pemilu tentang ambang batas parlemen secara nasional.

Pasal 208 dalam UU Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD.

“Pemohon meminta MK menyatakan pasal 208 tidak mem-

punyai kekuatan hukum mengikat,” kata Asrun. (ant/arw)


JUMAT, 15 JUNI 2012

NARAPIDANA

3

KEADILAN M. Irham: Memang, Pak Rektor pernah ditemui langsung oleh Angie.

Angie Mainkan ‘Tangan’ Dikti Komisi Pemberantasan Korupsi mengendus aroma keterlibataan Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam proyek bermasalah pengadaan alat-alat laboratorium di 29 perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia pada 2009-2010. Dikti dilaporkan sebagai pihak yang berinisiatif memancing pihak universitas agar mengusulkan rancangan proyek dan anggarannya. JAKARTA, (BM) – Sinyal adanya andil Dikti dalam kasus korupsi yang menjerat Angelina Sondakh sebagai tersangka ini dikantongi dari kesaksian Rektor Institut Pertanian Bogor, Herry Suhardiyanto. Tak heran, jika KPK menempatkan Herry sebagai saksi kunci kasus ini. “Mendapat informasi dari dikti soal proyek itu, IPB kemudian mengusulkan anggaran ke dikti. Setelah proyek itu diturunkan dari dikti, kemudian IPB melaksanakan proses tender,” kata pengacara

Rektor IPB, Nazaruddin Lubis, Kamis (14/6). Nah situasi ini terjadi juga dalam proyek di universitas lain. Pihak uinversitas mendapat informasi dari dikti untuk mengajukan usulan anggaran proyek alat-alat laboratorium tersebut. Anehnya, meski diketahui dikti yang memanggil para rektor untuk mengajukan anggaran, Dikti Kemendikbud itu belum juga dipanggil KPK untuk dimintai keterangan seputar kasus ini. Lebih dari itu, Herry ternyata juga pernah bertemua langsung dengan Angelina Sondakh guna membahas rencana proyek ini. Hal ini diungkapkan pengacara Herry yang lain, M. Irham. Ia mengatakan Angie pernah menawarkan pengadaan alat-alat laboratorium. “Memang, Pak Rektor pernah ditemui langsung oleh Angie,” kata M. Irham di gedung KPK, Jakarta, kemarin. Angie ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pengadaan alat laboratorium di beberapa universitas negeri. Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat ini diduga kuat menerima suap di Kementerian Pendidikan Nasional pada 2010. Namun, KPK belum mengumumkan identitas penyuapnya dan total suap yang diterima Puteri Indonesia 2001 itu.

FOTO:BM/DOK

Terbongkar dari Kesaksian Rektor IPB

Angelina Sondakh

Dalam sebuah pertemuan, Angie disebut menawarkan pengadaan alat-alat laboratorium. Namun IPB menolak karena memiliki mekanisme pengadaan barang melalui lelang. Irham mengatakan IPB saat itu memang pada saat itu sedang membutuhkan alat laboratorium baru. “Istilahnya gayung bersambut,” kata Irham. Pihak IPB kemudian mengajukan usulan ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk minta diadakan lelang. Lelang itu dilakukan oleh tim dari IPB dan dihadiri oleh universitas lain sebagai saksi. Mencuatnya kasus proyek di Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) ini berawal

dari bocoran terpidana kasus suap Wisma Atlet, Nazaruddin. Sebab, perusahaan di bawah Grup Permai milik mantan Nazar juga ikut terlibat dalam proyek ini. Di antaranya, PT Nuratindo Bangun Perkasa yang menggarap proyek pengadaan peralatan laboratorium di IPB senilai Rp 11,4 miliar. Peran Nuratindo sedang diusut KPK. Herry pernah membenarkan bahwa Nuratindo menggarap proyek pada 2010. Namun, IPB tak mengetahui kaitan Nuratindo dengan Nazar. Di KPK, Herry enggan berkomentar banyak kepada wartawan. “Nanti ya, setelah selesai pemeriksaan,” katanya. Dari sinilah, KPK kemudian

membidik para rektor universitas yang kecipratan proyek dari Kemendiknas melalui Dikti ini. Beberapa universitas yang tengah dibidik KPK dan Kejaksaan Agung adalah proyek pengadaan alat laboratorium di lima perguruan tinggi yang lain, yaitu di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Sriwijaya, Palembang, dan Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto. Ada juga tiga perguruan tinggi lainnya, yaitu Universitas Haluoleo, Sulawesi Tenggara, Universitas Tadulako, Sulawesi Tengah, dan Universitas Nusa Cendana, Nusa Tenggara Barat. Semua perguruan tinggi yang dibidik tadi melibatkan poitisi tersangka Angie selaku Anggota Banggar DPR dan Nazar selaku Bos Permai Group. Hal ini membuat para rektor penerima bantuan gerah dan panik. Beberapa waktu lalu, majelis rektor yang dipimpin Rektor Unhas Idrus Paturusi menggeruduk kantor dikti di kawasan Blok M Jakarta Selatan. Para pimpinan kampus itu meminta dikti untuk memperjuangkan nasib mereka dan membantu jika nantinya kasus ini merambah hukum. Untuk itu, muncul desakan agar KPK memeriksa pejabat di lingkungan dikti selaku pihak pemberi proyek. (ref/tp/arw)

FOTO:BM/DOK

Herlin Candrawati

90 Napi Pondok Bambu Diboyong ke Lapas Lampung JAKARTA, (BM) – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan membedol penghuni Rumah Tahanan Pondok Bambu, Jakarta Timur. Sebanyak 90 narapidana yang mendekam di penjara kelas II A itu diboyong ke Lembaga Pemasyarakatan Wanita Lampung, Kamis (14/6). Alasan pemindahan tersebut untuk mengurangi kapasitas Rutan agar tak berlebihan. “Mereka berangkat sejak pukul 07.00 WIB tadi,” kata juru bicara Ditjen Pemasyarakatan, Akbar Hadi di Jakarta, kemarin. Menurut Akbar, 90 napi itu diangkut dengan tiga bus dan dikawal sebuah mobil voreijder. “Ke-90 napi perempuan itu didampingi 11 petugas pengawal dari Brigade Mobil dan Lembaga Pemasyarakatan Cipinang, seorang perawat, serta dua petugas administrasi,” ujarnya. Kepala Rutan Pondok Bambu Herlin Candrawati mengatakan, pemindahan ini adalah bagian dari program Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk mengurangi kelebihan kapasitas napi di rutan dan lembaga pemasyarakatan di wilayah Jakarta. “Selama ini masih banyak penjara di Jakarta yang over capacity,” kata dia. Sejak tahun 2012, Kemenkumham merencanakan pemindahkan 2.000 narapidana keluar dari wilayah DKI. Pada tahun sebelumnya, Kemenkumham telah memindahkan sebanyak 250 narapidana dari Jakarta ke Lapas-Lapas di wilayah Jawa tengah. “Pemindahan ini akan tetap dilakukan sampai memenuhi kuota 2,000 napi dipindahkan dari wilayah DKI Jakarta untuk menekan angka over kapasitas di lapas dan rutan wilayah DKI,” ujarnya. Dengan menggunakan tiga bus Transpas dan dikawal satu mobil voreijder LP Cipinang, 90 narapidana tersebut berangkat pukul 07.00 WIB pagi tadi. Turut serta dalam pemindahan ini, 11 orang petugas pengawal dari Brimob dan LP Cipinang, satu perawat dan dua petugas administrasi. (arw/kc)

FOTO:BM/IST

PEMBACOKAN JAKSA

Ronny Wahyudi

Perkara Korupsi PT KAI Rp 100 M

Hakim Tolak Eksepsi Terdakwa BANDUNG, (BM) – Sidang perkara korupsi PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan kerugian negara Rp 100 miliar dipastikan berlanjut. Ini setelah Majelis hakim Pengadilan Negeri Bandung menolak seluruhnya keberatan kuasa hukum terdakwa mantan Direktur Umum PT KAI Ronny Wahyudi atas dakwaan jaksa. Hal ini disampaikan majelis hakim yang diketuai Sinung Hermawan dalam putusan sela di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Kamis (14/6). “Menolak keberatan penasehat hukum untuk seluruhnya, menyatakan dakwaan sah menurut hukum dan memerintahkan pemeriksaan perkara untuk dilanjutkan,” kata Sinung. Majelis hakim menyatakan surat dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah memenuhi syarat pasal 143 Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) dan sah untuk dijadikan dasar guna menghadapkan terdakwa ke persidangan. “Majelis hakim tidak menemukan dalam surat dakwaan sesuatu hal yang kontradiktif dan menyimpang mengenai tindak pidana yang didakwakan,” ujar Sindung. Sebaliknya, majelis hakim menilai surat dakwaan JPU sudah jelas dan lengkap menguraikan tindak pidana yang didakwakan. Atas putusan sela tersebut, majelis hakim melanjutkan persidangan hingga 21 Juni 2012 dengan agenda pemeriksaan saksi. Ronny diajukan ke persidangan bersama dengan mantan Direktur Keuangan PT KAI Achmad Kuntjoro dalam berkas terpisah karena menyetujui investasi dana PT KAI sebesar Rp 100 miliar pada 2008 pada PT OKCM yang dimaksudkan untuk menambah pendapatan PT KAI. PT OKCM sempat membayarkan keuntungan 11 persen yang dijanjikan selama 6 bulan periode kerja sama sebesar Rp 6,784 miliar namun tidak bisa mengembalikan dana pokok PT KAI Rp100 miliar pada akhir masa perjanjian kerja sama. Dalam dakwaan JPU, Ronny yang tidak ditahan itu disebutkan telah memperkaya orang lain dan korporasi, yaitu PT OKCM sebesar Rp 55 miliar dan Direktur PT OKCM Harjono Kusuma yang saat ini masih berstatus buron sebesar Rp 45 miliar. Ronny dijerat pasal 2 ayat 1 jo pasal 18 UU No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi pada dakwaan primer dan pasal 3 UU yang sama pada dakwaan subsider. (ant/arw)

FOTO:BM/DOK

FOTO:BM/ANTARA

Deddy Sugarda

KECAM KEKERASAN DI PAPUA Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan melakukan aksi Kamisan di depan Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (14/6). Aksi ke-262 itu mengecam kekerasan yang terjadi di Papua yang tak sedikit berujung pada kematian.

Suap Pajak, Tomy-James Diperiksa JAKARTA, (BM) – Dua tersangka suap pajak, Tomy Hendratno dan James Gunardjo menjalani pemeriksaan terpisah di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (14/6). Usai diperiksa sekitar selama enam jam, kedua tersangka langsung ngeloyor meninggalkan wartawan yang mencecar pertanyaan kepadanya. Tomy Hendratno dan James Gunardjo keluar KPK pada pukul 15.30 WIB melesat menerobos rombongan wartawan yang tengah menunggu hasil pemeriksaan yang mereka jalani. Tersangka pegawai Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Sidoarjo, Jawa Timur itu menghindar dengan menunduk seraya masuk ke dalam mobil tahanan. Bahkan James yang disangkakan menyuap Tomy malah menutupi wajahnya dengan topi dan langsung masuk ke dalam mobil tahanan. Juru Bicara KPK Johan Budi SP me-

ngatakan, kelima pegawai pajak tersebut diperiksa untuk tersangka James Gunarjo. “Mereka diperiksa untuk tersangka JGB,” kata Johan, Kamis (14/6). Selain kedua tersangka, komisi anti korupsi juga memeriksa lima pegawai Direktorat Jenderal Pajak sebagai saksi kasus suap pajak yang melibatkan PT Bhakti Investama ini. Lima pegawai pajak itu adalah Ferry Syarifuddin, Heru Munandar, Hanny Masrokim, Agus Totong dan Tommy Hendartno yang juga tersangka dalam kasus ini. Diketahui, Rabu (6/6), KPK menangkap tangan Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi Kantor Perwakilan Pajak (KPP) Sidoarjo, Jawa Timur bernama Tommy Hendratno dengan seorang pengusaha bernama james Gunardjo. Selain Tommy dan James, KPK turut pula menangkap seorang pria yang diduga memiliki hubungan saudara dengan

FOTO:BM/IST

James Gunardjo (kanan) dan Tomy Hendratno (kiri)

Tommy. Penangkapan dilakukan sekitar pukul 14.20 WIB, di rumah makan di Tebet, Jakarta Selatan. KPK menangkap keduanya karena menduga ada penerimaan uang oleh Tommy dari James yang berkaitan dengan pengurusan pajak. Dalam peristiwa penangkapan tangan tersebut, KPK menyita barang bukti berupa uang pecahan seratus ribu dalam amplop cokelat yang diperkirakan berjumlah lebih dari Rp 280 juta. Uang tersebut diberikan James kepada Tomy. James disebut-sebut broker yang disewa PT Bhakti Investama (BI) untuk mengurus persoalan pajak perusahaan yang dibidani bos MNC Grup, Hary Tanoesoedibjo itu. Pemberian uang tersebut digunakan untuk memuluskan pemeriksaan lebih bayar atau restitusi pajak senilai Rp 3,4 miliar milik wajib pajak yakni PT BI. Namun pPT BI sudah berulang kali membantah tuduhan tersebut. KPK kemudian menetapkan James dan Tommy sebagai tersangka pada Kamis (7/ 6). Keduanya diduga telah melanggar pasal 5 dan atau pasal 12 huruf a dan huruf b dan atau pasal 11 dan atau pasal 13 UndangUndang Nomor 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Adapun Hary Tanoesoedibjo selaku Direktur PT BI sudah dipanggil KPK, Rabu (13/6) lalu. Namun pengusaha yang kini menjabat Ketua Dewan Pakar Partai NasDem itu mangkir. Ia berdalih tidak pernah menerima surat panggilan KPK. Hary juga menyangkal perusahaannya terlibat kasus pajak dan tidak mengenal James Gunardjo. (ref/arw)

Tanpa Pengacara, Terdakwa Tulis Eksepsi Lima Menit BANDUNG, (BM) – Terdakwa pembacokan jaksa nonaktif Sistoyo, Deddy Sugarda membantah aksinya dilakukan secara terencana. Deddy mengaku membacok Sistoyo dengan menggunakan sebilah pisau, bukan golok seperti yang didakwakan oleh JPU. Hal ini disampaikan Deddy saat membacakan eksepsinya terhadap dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam perkara pembacokan jaksa nonaktif Sistoyo di Pengadilan Negeri Bandung, Kamis (14/6). Banyak hal menarik dari eksepsi Deddy. Pertama, eksepsi yang ditulis tangan dalam selember kertas itu dibacakan Deddy sendiri. Yang mengejutkan, eksepsi yang ia tulis tangan sepanjang sepuluh alinea itu hanya dibuatnya selama lima menit. “Bikinnya semalam, cuma lima menit,” ujarnya usai persidangan. Deddy juga menolak didampingi oleh penasehat hukum dengan alasan ingin menanggung sendiri resiko perbuatannya meski PN Bandung telah menunjuk pengacara dari pos bantuan hukum untuk mendampingi Deddy secara cuma-cuma. Padahal, Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) telah menentukan bahwa terdakwa yang diancam hukuman lebih dari lima tahun penjara harus didampingi oleh kuasa hukum. Deddy dijerat enam dakwaan berlapis dengan tuduhan pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana pada dakwaan primer. “Hanya itu kemampuan saya karena keterbatasan saya,” ujarnya mengenai eksepsi singkat yang disampaikannya. Sementara itu, JPU Alven menyatakan eksepsi Deddy tidak sesuai dengan yang diatur dalam KUHAP karena telah memasuki pokok perkara. JPU akan menyampaikan tanggapan secara tertulis terhadap eksepsi Deddy pada persidangan selanjutnya 21 Juni 2012. (ant/arw)


JUMAT, 15 JUNI 2012

TAJUK

Si Miskin Masih Terpasung MAHALNYA biaya pendidikan membuat wali murid dan wali mahasiswa kelimpungan. Kucuran anggaran Rp 286 triliun untuk mendukung program pendidikan nasional, faktanya masih ditemui perguruan tinggi menjadirkan fakultas favorit sebagai ajang bisnis. Tidak tanggung-tanggung, persaingan untuk merebut jurusan bergengsi seperti kedokteran, orangtua harus mengeluarkan dana ratusan juta rupiah. Jangan heran, menjelang pembelajaran baru, orangtua harus berkorban. Segala harta bendanya yang tersimpan dikuras habis untuk memenuhi harapan anak bisa sekolah sesuai dengan harapan. Tidak jarang, orangtua harus mengadaikan barang sebagai alternatif terakhir meraih cita-cita anaknya. Bila kebiasaan jor-joran menyumbang dana pendidikan begitu tinggi masih terjadi, maka menjadi pertanyaan besar sumber dana untuk menggolkan calon mahasiswa bisa menempuh bangku kuliah di perguruan ternama, misalnya Unair, Uiversitas Indonesia, UGM dan beberapa universitas yang menjadi incaran masyarakat. Data yang dihimpun redaksi Berita Metro begitu miris. Ada penjualan kursi calon mahasiswa saat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melalui jalur undangan, akhirnya gugur dialihkan ke jalur umum dengan kompensasi Rp 400-500 juta. Info lain menyebut, ada yang menggunakan surat sakti dari pejabat dan politisi agar bisa masuk di fakultas tertentu. Walau prosentasi kecil, sepatutnya Mendiknas M Nuh, mewaspadai praktek-praktek jurang berkedok penerimaan mahasiswa baru dan bertumpu dari keberadaan perguruan tinggi yang telah berbadan hukum. Amanah UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) perlu ditelaah ulang. Evaluasi pendidikan sebagai pemantauan kegiatan pengendalian, penjaminan, dan penetapan mutu pendidikan terhadap berbagai komponen pendidikan pada setiap jalur, jenjang, dan jenis pendidikan sebagai bentuk pertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan,belumbisamenyentuhdarifolosofipendidikan, mengangkat harkat dan martabat bangsa melalui jalur pendidikan. Jujur saja, kalau orangtua sudah menggerojok dana ratusan juta, malah ada yang barter dua mobil ambulans tentu akan melekat di dana sang mahasiswa, bahwa untuk menempuh pendidikan dokter tidak gratis, bukan hanya membeli literatur yang mahal dan menghadapi dosen killer, tapi uang pelicin sebagai pintu pembuka untuk menjadi mahasiswa. Nah, kalau sudah menjadi dokter, hingga ke jenjang spesialis apa bisa mengabdi dengan ikhlas, mengamalkan ilmunya dengan penuh dedikasi. Nonsen, bisa dipastikan, mereka akan memanfaatkan kesempatan mengumpulkan dana agar bisa mengembalikan modal yang telah dikeluarkan selama menempuh bangku kuliah hingga lulus. Hemat kami, masih adanya fakta gelap di dunia pendidikan, bisa menimbulkan pesimistis bagi keluarga tidak mampu mengejar prestasi setinggi langit dan generasi cerdas yang terbelenggu biaya. Kami setuju, bahwa sumber daya pendidikan yang dipergunakan dalam penyelenggaraan pendidikan yang meliputi tenaga kependidikan, masyarakat, dana, sarana, dan prasarana adalah kebutuhan. Jadi, tidak ada pendidikan gratis! Tapi pemerintah mempunyai kewajiban untuk mendampingi keluarga tidak mampu memperoleh pendidikan sesuai dengan strata dan kemampuan hingga menjadi kader bangsa yang secara intelektual mumpuni, juga iman dan takwanya tangguh, sehingga bisa terhindari dari perbuatan jahat dan keji. Keberadaan Dewan Pendidikan, Komisi Sekolah atau Madrasah, dan komponen masyarakat yang mempunyai perhatian dan peranan dalam bidang pendidikan harus dilibatkan. Tapi, tanggung jawab penuh tetap ada di pundak pemerintah. Jangan biarkan anak cerdas dan pandai terpasung untuk mengejar cita! (*)

ASPIRASI

Generasi Muda Jangan Hanya Bernafsu Jadi PNS MENJADI seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) tampaknya masih menjadi impian banyak angkatan kerja Indonesia, juga orangtua mereka. Cara apa pun dilakukan agar bisa jebol menjadi PNS. Termasuk, memberikan uang pelicin dalam jumlah cukup besar. Konon, hanya untuk menjadi pegawai Pemda saja, si calon pegawai harus berani menggelontorkan dana hingga puluhan juta rupiah. Departemen-departemen yang dianggap kaya pun masih menjadi incaran para pencari kerja. Memang, ada ujian resmi untuk menjadi PNS di departemen-departemen itu, tapi yang tak resmi, atau yang resmi tapi harus pakai uang suap pun masih ada. Jadilah, mereka dikejar target menghasilkan banyak uang begitu duduk di departemen yang diinginkan. Jangan heran, jika celah untuk melakukan korupsi muncul di sini. Seperti yang jadi sorotan beberapa waktu terakhir di yang melibatkan oknum pegawai pajak. Bagaimanapun wirausahawan adalah yang paling dibutuhkan oleh Indonesia saat ini. Apalagi, jumlah wirausahawan muda kita disebut-sebut masih sangat kecil dibandingkan negara-negara tetangga lainnya. Saya yakin, kalau jiwa wirausaha sudah menjadi bagian dari hidup orang Indonesia, akar-akar korupsi akan bisa mulai dicegah. Anak-anak muda pun akan terbebas dari keinginan untuk korupsi, Fitri Handayani Depok, Jawa Barat

Diterbitkan oleh: PT. Berita Metro Jl Tunjungan No 86 Surabaya. www.kabarmetro.com

4

OPINI

Masduri: Anak-anak bangsa telah terasing dari nilai-nilai Pancasila yang mestinya mengkarakter dalam diri mereka.

ILUSTRASI: BM/ASWIM

Merajut Manusia Pancasilais Di tengah silang-sengkarut persoalan bangsa yang tak berujung, kiranya sangat penting mempertanyakan kembali komitmen ke-Indonesian kita. Betapa nilainilai Pancasila yang menjadi landasan falsafah hidup bangsa Indonesia kini semakin jauh dari realitas kehidupan berbangsa di Indonesia. Sekarang anakanak negeri senang berburu untuk kepentingan diri dan kelompoknya. Mereka abai pada kesejahteraan bangsa secara umum. OLEH: MASDURI*

B

UKTINYA, korupsi seperti jamur di musim hujan, elite politik terus berseteru, kekerasan dari beragam modusnya terus bergejolak, hukum seperti komoditas yang diperjualbelikan, kemiskinan dan pengangguran terus mengawang tanpa penyelesaian yang jelas. Sementara negara ini dibentuk untuk menciptakan kehidupan berbangsa yang berdaulat adil dan makmur. Anak-anak bangsa telah terasing dari nilai-nilai Pancasila yang mestinya mengkarakter dalam diri mereka. Kelima butir Pancasila bukan hanya pajangan dan bacaan seremonial yang sering dilakukan di berbagai tempat, namun yang terpenting adalah implementasi dari nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Sehingga, tercipta kehidupan berbangsa yang damai dan menyejahterakan. Pancasila dengan kelima butir kandungannya telah cukup untuk mengantarkan bangsa Indonesia berjaya.

Hanya saja, seberapa besar komitmen bangsa Indonesia merealisasikan nilai-nilai Pancasia dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, seideal apa pun konsep kehidupan berbangsa kita, kalau tidak ada realisasinya, mustahil bangsa Indonesia dapat berjaya. Filsuf Freidrich Nietzcha (1844-1990 M) pun menjelaskan, kunci keberhasilan bangsa ditentukan oleh komitmen menghidupkan dan menyalakan kata-kata menjadi kata kerja (tindakan nyata). Oleh karena itu, sudah saatnya bangsa Indonesia bergerak maju, tidak saja sibuk dengan beragam wacana kebangsaan yang tak menentu, karena sekali lagi, yang terpenting adalah implementasi dari setiap wacana yang diperbincangkan. Dalam hal ini, bagaimana komitmen kita mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Sila ‘Ketuhanan Yang Maha Esa’, menegaskan kebebasan beragama di Inonesia. Tujuannya

agar anak-anak negeri tidak ego dan memaksakan kehendak dirinya kepada orang lain untuk berkeyakinan sama. Sebab, keyakinan beragama merupakan hak asasi setiap manusia, yang tidak dapat dipaksakan. Apabila pemahaman ini direalisasikan dalam tindakan nyata, tidak mungkin akan terjadi terorisme, dan segala bentuk kekerasan berbau agama yang kerap kali menghantui kehidupan kebangsaan kita. Sila ‘Kemanusian yang adil dan beradab’, merupakan landasan kehidupan yang akan membentuk bangsa Indonesia menjadi bangsa yang beradab, saling mencintai sesama dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusian dan keadilan. Nilai dari sila kedua ini merupakan landasan etika kemanusian yang harus mengkarakter dalam kehidupan bangsa Indonesia. Sebab, apabila sila ini tidak bisa diimplementasikan, bangsa Indonesia akan terus terpuruk, dan cita-cita awal kemerdekaan sebagaimana amanat UUD 1945 untuk mewujudkan negara yang berdaulat adil dan makmur hanya ilusi belaka. Sila selajutnya, ‘Persatuan Indonesia’, menjadi langkah ampuh yang akan menggerakkan bangsa Indonesia berjaya dengan kerja sama yang baik antaranak bangsa. Tanpa sila ini, kehidupan kebangsaan kita akan senantiasa bergejolak dengan beragam konflik kepentingan yang tidak dapat diper-

temukan. Buktinya, akhir-akhir ini konflik sering terjadi, seperti konflik antarelite politik di parlemen, tawuran antarmahasiswa, konflik antarpemeluk agama, konflik lahan di Mesuji Lampung dan Tambang Emas di Bima NTT. Hal ini hanya sekelumit contoh bahwa persatuan bangsa saat ini semakin terkoyak. Sebenarnya masih sangat banyak konflik yang mengancam keutuhan bangsa Indonesia, termasuk konflik etnis yang kadang masih mengemuka. Sila keempat, ‘Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyarwaratan/ perwaklian’. Sila ini merupakan landasan moral pemimpin Indonesia dalam menjalankan roda pemerintahannya. Meraka dalam setiap mengambil kebijakan harus mengedepankan musyawarah mufakat agar tidak terjadi kebijakan yang tidak prorakyat. Karena, pemerintah, menurut Aristotelles (384-322 SM), harus mengedepankan kepentingan umum dan keadilan, sehingga tercipta kehidupan bermasyarakat yang sejahtera. Dalam implementasi sila keempat ini, yang terpenting adalah sikap kebijakasanaan dalam berbicara, bersikap dan bertindak. Selama ini para pemimpin seringkali tidak menunjukkan sikap tanggung jawabnya secara signifikan. Sehingga, beragam persoalan bangsa, banyak yang tidak bisa diselesaikan. Belum lagi, para elite pemerintah banyak yang terlibat

kasus korupsi, semua ini menunjukkan bahwa elite pemerintah masih jauh dari nilai-nilai luhur Pancasila. Terakhir sila kelima, ‘Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia’. Keadilan sosial merupakan cita-cita besar bangsa Indonesia dalam menciptakan kehidupan rakyat yang sejahtera, atau keadilan sosial merupakan bahasa lain dari impian mewujudkan Indonesia yang berdaulat adil dan makmur. Jika digeneralisasi, sila ini merupakan pusat dari sila-sila sebelumnya. Keempat sila di atas semuanya bermuara untuk menciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Sebab itu, realisasi semua butir Pancasila merupakan kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam mewujudkan Indonesia yang jaya. Akhirnya, yang sangat berperan mengimplementasikan Pancasila adalah para orangtua, guru dan elite pemerintah. Sebab, mereka merupakan figur sentral yang senantiasa menjadi panutan anakanak bangsa. Melalui mereka akan menyebar internalisasi karakter nilai-nilai Pancasila pada setiap pribadi seseorang, sehingga terjadilah perubahan besar untuk membawa bangsa Indonesia dapat hidup damai, sejahtera dan berkeadilan. *Peneliti di Jurusan Teologi dan Filsafat Fakultas Ushuluddin IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Suara Anda Penawaran Phone Officer ANZ Menyesatkan BERMULA dari tawaran pinjaman tunai Rp 15 juta oleh officer ANZ dengan skema cicilan 12 bulan, dimana dengan pemberlakuan bunga di bulan 1 s/d 2 dan sisanya bulan ke 3 s/d 12 tanpa bunga, kecuali pelunasan lebih awal yang akan dikenakan penalti. Namun ketika menerima billing tagihan, ternyata berbeda dengan yang telah disampaikan phone officer, dimana menunjukkan angka bunga tetap Rp 148 ribu dan berlaku selama 12 bulan penuh. Pada tanggal 31 Mei 2012 saya melakukan komplain dan diinformasikan akan dikonfirmasi dalam 3 hari kerja. Pada tanggal 8 Juni 2012 jam 15.00 WIB, seorang yang mengatasnamakan officer ANZ, menegaskan bahwa sebenarnya phone officer menjelaskan skema pinjaman 0,99% untuk 12 bulan, dan tidak ada program seperti yang telah sampaikan dalam komplain, dan itu hanya contoh dari agen yang

menawarkan saya. Saat ini saya telah melakukan pembayaran cicilan bulan pertama, dan ketika saya menyampaikan akan melunasi seluruh tagihan, saya akan dkenakan pinalti seperti perjanjian semula. Syamsul Hidayat Jl Yapen 4 Nusaloka BSD, Tangerang Selatan

Uang Tertelan di Mesin Setor Tunai BCA TANGGAL 08 Juni 2012 pukul 08.30 WIB saya bertransaksi di mesin setor tunai BCA, namun setelah uang saya masuk ternyata struk tidak keluar dan saldo di rekening tidak bertambah. Security menyarankan saya untuk melaporkan hal ini ke cstomer service, dan customer service meminta saya untuk menunggu 4-7 hari kerja. Yang menjadi pertanyaan saya adalah, apakah saya harus menunggu selama itu

KIRIM TULISAN OPINI DAN SUARA ANDA KE REDAKSI BERITA METRO

untuk meminta uang saya yang ‘tertelan’ mesin karena kesalahan sistem? Mohon tanggapan secepatnya, karena saya sangat membutuhkan dana itu secepat mungkin. Eko Andriansyah Jl H Alamsyah Ratu Prawira Negara, Palembang

Penipuan Smartfren PADA tanggal 11 Juni 2012, saya melakukan aktivasi paket internet dengan kuota 6GB. Setalah saya lakukan aktivasi, tidak ada sms konfirmasi/notivikasi sama sekali. Saya mencoba telepon operator. Tidak bisa dikarekan pulsa saya tidak mencukupi. Saya kaget pulsa habis ataukah sudah terpotong. Saya cek pulsa saya habis. Jadi saya berpikir tidak ada sms konfirmasi mungkin pulsa saya habis. Tapi ada pulsa bonus, mungkin pulsa bonus tidak bisa untuk telepon ke operator. Makanya saya isi pulsa lagi 100k dan saya aktivasi lagi paket internet.

Anda punya keluhan tentang kebijakan dan pelayanan publik? Atau, Anda punya gagasan? Kirimkan email atau dengan cara SMS ke redaksi Berita Metro.

Dan ternyata pulsa saya langsung terpotong dan tidak ada sms konfirmasi lagi. Jadi saya bingung. Berarti memang benar pertama pulsa saya memang terpotong. Tidak habis. Kemudian saya menghubungi operator Smartfren. Dan jawaban yang mengejutkan. Bahwa saya sudah melakukan aktivasi 2x paket internet. Dan tidak ada pemberitahuan sama sekali melalu sms notifikasi. Dan paket saya kedobel dengan kuota 2 kalipat atau jadi 12GB. Jujur saya kecewa sekali dengan Smartfren. Karena tidak ada notifikasi sms sama sekali. Padahal saya biasa menggunakan kuota 6GB sudah cukup. Seperti ini kita konsumen dirugikan tanpa notifikasi sms apakah kita tahu paket yang kita beli aktif atau tidak. Atau dikarekan pulsa tidak mencukupi apabila tidak bisa aktivasi. Secara tidak langsung seperti ini sama saja bisa menambah omset penjualan dengan cara memaksa konsumen untuk membeli. Daniel David Kurniawan Foresta Cluster Naturale Blok M12 no.15 BSD Tangerang Email: red_beritametro@yahoo.co.id Hotline: +6231-5318686 SMS: +62 8564 6036 977

Komisaris: Mayjen TNI Sutarno Soepodo SH, Direktur Utama: AR Balhmar, Direktur: Djoko Tetuko, Pimpinan Perusahaan: H. Samiadji Makin Rahmat. Pimpinan Redaksi/Penangung Jawab Pemberitaan: M Habibullah. Wakil Pemimpin Redaksi: Al Khadaffi. Manager Keuangan: Silvia Umar Balhmar, Manager Iklan: Djuwariyah. Dewan Redaksi: AR Balhmar, H Djoko Tetuko, H. Samiadji Makin Rahmat, M Habibullah, Yahya A Waber, Tjipto Chandra, Marcella, Hadi Ismanto, M. Nabil, Ferdy Yunisaf Sekred: Farra Silviana, Redaktur Senior: R. Sulistyono, Herry Sunarya Redaktur: Ari Widura, E Prayogo, Hadi Pudjiantoro, Ibnu Hanif, Zamzami PuLang, Bambang Andrias, Reporter: Bambang, Arie, Hadi, Endray, Rofiqi, Ami, Ali, Fotografer: Tovan Bram Kumara, Soemadji, Pracetak: Ahmad Choironudin, Artistik/Tata Letak: Agus Wicaksono, Mufian Haris, Zainal Mustakim, Firman Hidayat, Hartoyo, Biro Jakarta: Marcella (Kord), Ferdy Yunisaf, Reza Firvano Perwakilan Daerah: Pasuruan: Supardi (kord). Gresik: Irvan Kholis. Mojokerto: Prayogi. Malang: Taufik (kord), Pungky S W, Suseno, Gunawan, Sidoarjo: Dicky Arista (Dea), Probolinggo: Subhi (kord), Madiun: Jumanto (kord), Kediri: Andik Kartika, Nganjuk: Roy Alexander, Tuban: Syaian (kord), Bojonegoro: Reono Pareno, Bogor: Omar Abdel, Bali: Rohmat. Sirkulasi/Pemasaran: Khairul. Alamat Redaksi: Jl Tunjungan No 86 Surabaya. Telp: 031 - 5318686, 5323414, Fax: 5323414. Email: red_beritametro@yahoo.co.id. Tarif Iklan: Display (FC) Rp. 25.000 MMK (BW) Rp. 17.000 MMK, Sosial Rp. 10.000 MMK, Baris Rp.. 15.000 (Minimal 2 Baris)


JUMAT, 15 JUNI 2012

5

METRO BISNIS Chatib Basri: Tapi, saya yakin kuartal kedua dapat melihat masalah sebenarnya. HARGA EMAS INDEKS IHSG Hang Seng Nikkei Nasdaq S&P 500 FTSE KLSE STI

13 JUNI

1,621,25/Ozt 14 JUNI

3.858,61 3.835,29 18.935,5 18.922,59 8.565,15 8.583,28 2.843,07 2.818,61 1.324,18 1.314,88 5.473,74 5.483,81 1.579,94 1.576,93 2.790,46 2.776,81

% -0,6 -0,07 0,21 -0,86 -0,7 0,18 -0,19 -0,49

9.438 IDR/USD

JUAL

Rp. 517.272/gram

IHSG 4.400,00

3.835,29

4.000,00 3.600,00 3.200,00 8/6

11/6

12/6

13/6

14/6

BELI

Rp. 496.581/gram

KURS

13 JUNI

14 JUNI

%

USD AUD JPY GBP MYR SGD HKD EUR

9.455 9.395,92 118.73 14.700,7 2.973,75 7.371,76 1.218,67 11.806

9.468 9.411,22 119.2 14.686,77 2.972,93 7.385,63 1.220,34 11.889,45

0,14 0,16 0,4 -0,09 -0,03 0,19 0,14 0,71

Berlaku sampai tanggal 14 Juni 2012 pukul: 17.00 WIB

KURS

USD

GPB

14.686,77

15.000,00 12.500,00

9.468

10.000,00 7.500,00 8/6

11/6

12/6

13/6

14/6

Sumber: geraidinar

Ketua Baru BKPM Chatib Basri

Siap Benahi Iklim Buruk Investasi Ditunjuk Mengepalai Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Muhammad Chatib Basri memiliki tantangan berat. Salah satunya adalah mempertahankan angka investasi yang sedang tumbuh. JAKARTA, (BM) - Chatib Basri melihat pertumbuhan investasi pada triwulan I2012 termasuk tertinggi dalam sejarah. Realisasi kuartal pertama, total mencapai Rp 71,2 triliun. Menurutnya, dengan kondisi perekonomian Eropa dan Amerika Serikat yang belum pulih, merupakan tantangan tersendiri untuknya. Ia melihat negara kawasan ASEAN memiliki daya tarik tersendiri agar bisa menarik investasi ke Indonesia. Indonesia menguasai 48 persen perekonomian ASEAN, sehingga membuat pasar dalam negeri masih sangat menarik di mata dunia. "India sudah tumbuh 5 persen dan Indonesia bisa tumbuh 6,3 persen. Artinya, peluangnya ada, tinggal dari sisi kita sekarang," katanya usai pelantikan sebagai kepala BKPM di Istana Negara, Jakarta, Kamis (14/6). Ia yakin Indonesia masih menjadi pilihan menarik untuk investasi, di tengah ketidakpastian ekonomi dunia. Ia akan membenahi masalah klasik Indonesia, yaitu iklim investasi yang buruk. Indonesia masih harus memperbaiki kesepakatan bisnis, rantai birokrasi hingga infrastruktur. "Tak hanya BKPM, namun seluruh instansi terkait," ujarnya. Chatib optimistis target investasi 2012 sebesar Rp 283,5 triliun dapat terpenuhi. "Melihat kuartal pertama ini perkembangannya baik. Tapi, saya yakin kuartal kedua dapat melihat masalah sebenarnya," tuturnya. Di sisi lain, Chatib menilai, perlu diberikan penghargaan bagi daerah yang iklim

PAJAK

Surabaya Raup Rp 6 T SURABAYA, (BM) - Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur (Jatim) I yang membawahi wilayah Surabaya mencatat penerimaan pajak hingga pertengahan Juni 2012 sudah mencapai Rp 6 triliun. Jumlah ini berkisar 40% dari total target penerimaan pajak di 2012 yang ditargetkan sebesar 15 triliun. Dibanding periode yang sama tahun lalu, capaian penerimaan pajak ini tumbuh sekitar 24% . atau sekitar Rp1,4 triliun. "Akhir bulan ini kami optimistis penerimaan pajak bisa mencapai 43% dari target total penerimaan selama 2012," kata Kepala Kanwil DJP Jatim I, Suharno, Kamis (14/6). Optimisme tersebut didorong dengan adanya program-program DJP seperti sensus pajak nasional (SPN). Untuk SPN tahun Kanwil DJP Jatim I akan fokus mencari wajib pajak (WP) perorangan yang penghasilannya di atas penghasilan tidak kena pajak (PTKP). PTKP sendiri dipatok Rp 18,86 juta per tahun atau sekitar Rp1,57 juta per bulan, artinya bagi perorangan dengan penghasilan diatas itu harus melaporkan dan membayar pajaknya. Hingga 31 Maret 2012 Kanwil DJP Jatim I mencatat WP perorangan yang sudah menyerahkan surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajaknya berjumlah 264.792 orang atau sekitar 69,42% dari total WP perorangan yang terdaftar sebanyak 381.434 orang.Tahun 2012 ini, Kanwil DJP Jatim I menargetkan penambahan WP baru sebanyak 132.000 orang. (kbb/hdi)

ASURANSI

Bisnis Masih Menjanjikan

FOTO: BM/ANTARA

PELANTIKAN: Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal M. Chatib Basri (kanan) mengucapkan sumpah jabatan yang dipimpin Presiden di Istana Negara, Jakarta, Kamis (14/6). Kepala Negara juga melantik Nafsiah Mboi (Menteri Kesehatan), Rudi Rubiandini (Wamen ESDM), dan Hendarman Supandji (Kepala BPN).

investasinya baik, dan hukuman bagi daerah yang iklim investasinya buruk. "Justru ujungnya itu di daerah," sebut Chatib, ketika ditanyai peran serta daerah dalam mengembangkan investasi nasional, di Jakarta, Kamis (14/6). Menurut dia, untuk mendorong peran serta daerah meningkatkan investasi nasional perlu koordinasi antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah. Koordinasi keduanya pun dinilai Chatib terbilang lumayan sekarang ini. Tapi, untuk meningkatkan koordinasi antara Pemerintah Pusat dengan Daerah, BKPM tidak bisa sendiri. Ada lembaga Pe-

merintah lain, seperti Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri yang harus terlibat. Selain itu, ia pun menyarankan harus ada mekanisme penghargaan dan hukuman untuk daerah. Saat ini, kata Chatib, mekanisme tersebut tidak ada. "Kalau sebuah daerah nggak baik iklim investasinya harus ada punishment, kalau baik harus ada reward," sambung dia. "Tapi instrumen ini nggak di saya ini kita yang harus bicara dengan Kementerian Keuangan," pungkas Chatib. Sejauh ini ia sendiri mengaku tak mau berspekulasi terkait keputusan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang memilih di-

rinya untuk mengisi jabatan kepala BKPM menggantikan Gita Wirjawan. Menurut Chatib, Presiden hanya berpesan bahwa saat ini kondisi perekonomian global sedang tak menentu. "Saat bersalaman, beliau mengatakan seperti itu," kata Chatib. Selain itu, Chatib mengatakan, Presiden menginginkan Gita fokus menjalankan tugas di Kementerian Perdagangan. Karena itu, dia diminta fokus mengurusi investasi. Chatib mengatakan, dengan pengalamannya di Kementerian Keuangan selama 5 tahun, khususnya saat ia menjadi perwakilan Indonesia untuk G-20, dapat menjadi pertimbangan mengapa dia yang dipilih. (vvn/kcm/hdi)

Kadin Institute Siap Cetak Mandiri Siap Lakukan Akuisisi Calon Pengusaha Profesional tumbuhan nasional SU R A BAYA , sebesar 6,3 persen. (BM) - Dalam upaJawa Timur sendiri ya memperkuat bajuga menargetkan sis perekonomian bisa menjadi konridi Jawa Timur, dibutor perekonomian perlukan adanya terbesar yang melembaga yang mennyalip DKI Jakarta cetak tenaga-tenaga tahun 2014 nanti. bisnis profesional. “Tentu kinerja bagus Berangkat dari hal ini harus dikawal ini Kamar Dagang dengan semakin dan Industri (Kameningkatkan comdin) Jatim mendiriFOTO: BM/TOVAN BEKA petitiveness para kan Kadin Institute. La Nyalla Mahmud Mattalitti pelaku usaha. Kadin Menurut Ketua UmumKadinJawaTimurLaNyallaMah- Institute hadir untuk menjawab mud Mattalitti, Kadin Institute akan tantangan tersebut,” ungkap Nyalla. Dengan berdirinya Kadin Institute menjadi benteng utama dan terdepan dalam pengembangan bisnis Jawa Timur. ini, Nyalla berharap bisa mendorong Pria berkaca mata ini juga menjelaskan, pengembangan kemampuan dan Institute Kadin bisa digunakan labora- ketrampilan sumberdaya manusia torium bisnis sebagai peningkatan daya (SDM) khususnya di Jawa Timur sekaligus, menjawab tantangan di bidang saing para pelaku usaha. “Kadin Institute akan melaksana- ekonomi. Dengan peningkatan SDM kan program pendidikan, pelatihan, tersebut lanjutnya, diharapkan investasi pendampingan dan penelitian bis- akan semakin menguncur deras ke pronis yang semuanya bermuara pada vensi Jawa Timur. Sehingga peningkatan kepentingan pelaku usaha di jawa SDM ini akan terkait dengan teknologi Timur , khususnya yang berskala mi- produksi, manjeman pemasaran hingga kro, kecil dan menengah (UMKM) manajemen keuangan. Kadin Institute juga akan fokus pa,” kata La Nyallla, Kamis (14/6). La Nyalla memaparkan, peran sektor da mendidik angkatan kerja yang puUKM di Jawa Timur saat ini sangat tus sekolah, putus kuliah maupun lulus signitif dengan jumlah unit usaha sekolah. “Kami akan mendidik mereka mencapai 4,2 juta. Sementara UKM menjadi pengusaha yang bisa membuka menyumbang sekitar 52 persen terhadap lapangan pekerjaan. Sedangan untuk pembentukan produk domestic regional staf pengajarnya kami tidak main-main (PDRB) jawa Timur. “Keberadaan yakni sejumlah pengusaha sukses yang lembaga seperti Kadin Institute akan menjadi tenaga pengajar Kadin Instimencoba untuk mendorong pelaku tute,” paparnya. Lembaga tersebut akan menjadi UKM untuk semakin berkembang dan memberi kontribusi positif ke pusat peneliatian bisnis, termasuk roset pasar guna mengembangkan pemasyarakat,” jelas Nyalla. Lebih lanjut Nyalla mengatakan, per- masaran produk-produk dari pelaku tumbuhan UKM di Jawa Timur saat ini usaha khususnya dari Jawa Timur. “Selama ini yang menjadi salah satu sudah mencapai 7,19 persen per triwulan I/2012. “Jawa Timur kian mengukuh- kelemahan UMKM kita adalah tak kan posisinya sebagai barometer adanya riset pasar yang baik. Jika ada riset pasar yang baik, gerak UMKM kita akan perekonomian nasional,” tambahnya. Pencapaian pertumbuhan ini lebih lebih tersruktur dalam menentukan tinggi jika dibandingkan rerata per- segmentasi,” papar Nyalla. (top/hdi)

JAKARTA, (BM) - Bank Mandiri menyatakan siap mengakuisi bank beraset besar yang nilainya di atas Rp10 triliun jika pemerintah sudah merevisi Ketentuan Kepemilikan Tunggal atau Single Present Policy (SPP). Menurut Zulkifli, perbankan tentu sangat mengapresiasi jika dalam revisi tersebut bank berskala internasional yang bermodal di atas Rp50 triliun boleh memiliki anak usaha bank umum lebih dari satu. Zulkifli menambahkan, hal itu akan sejalan dengan target Mandiri untuk meningkatkan pertumbuhan organik maupun un-organik. "Kalau ketentuan bank dapat memiliki lebih dari satu bank umum sebagai anak usaha diberlakukan, kami sangat se-

nang karena dapat mendukung bisnis bank Mandiri," kata Dirut Bank Mandiri Zukifli Zaini di Jakarta, Kamis (14/6). Saat ini Mandiri memiliki satu anak usaha bank umum yaitu Bank Sinar Harapan Bali, dan anak usaha bank syariah Bank Syariah Mandiri. "Menambah anak usaha bank memang sudah bagian dari rencana perusahaan. Tapi yang beraset besar bukan yang Rp1 triliunan. Minimal di atas Rp10 triliun biar 'nendang'," katanya. Kata Zulkifli, Mandiri sangat mampu untuk mengakuisisi bank karena memiliki aset yang mencapai sekitar Rp66 triliun. "Kita juga punya total aset Rp551 triliun, jadi sangat mapan untuk melakukan akuisisi." Meski demikian, Zukifli tidak merinci lebih lanjut nama

dan jenis bank yang akan diakuisisi. Ia hanya menjelaskan, Mandiri memiliki strategi pengembangan bisnis yaitu tumbuh di kelompok wholesale, kemudian ritel transaction, dan ritel financing. "Kalau kita nanti mengakuisisi bank baru, tentu kita akan merujuk pada ketiga fokus itu," katanya. Menurut Zukifli, sekarang Mandiri memiliki enam anak usaha yang besar Bank Syariah Mandiri, Axa Mandiri, Mandiri Sekuritas, Bank Sinar Harapan Bali, Mandiri Tunas Finance, Mandiri Axa General Insurance. "Kontribusi anak usaha terhadap total laba bersih Mandiri pada tahun 2011 sudah mencapai 12 persen dari Rp12,2 triliun, meningkat dari hanya sekitar 5 persen dari periode sebelumnya," ujarnya. (ant/hdi)

FOTO: BM/ANTARA

MANDIRI CFO FORUM: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan (kiri) bersama Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini (kanan) melihat salah satu layanan kemudahan membayar tol (e-Toll card) yang diberikan Bank Mandiri di Jakarta, Kamis (14/6).

SURABAYA, (BM) - Industri asuransi jiwa di Indonesia diprediksi masih manjanjikan seiring masih rendahnya jumlah jiwa yang sudah tercover asuransi jiwa. Chief Marketing Officer AIA Financial Ade Bungsu memaparkan , dari hasil survei yang dilakukan industri asuransi pada akhir 2011, hanya 23 persen dari total penduduk di Indonesia yang sudah tercover asuransi jiwa. “Artinya 77 persen dari jumlah masyarakat di Idnonesia yang belum terprteksi asuransi jiwa,” kata Ade , Kamis (14/6). Ade menambahkan, masih rendahnya pembelian produk asuransi jiwa di Indonesia lebih dikarenakan rendahnya pengenalan dan edukasi produk-produk asuransi jiwa di masyarakat. Selama ini menurutnya, masyarakat Indonesia cenderung konvensional dalam pengelolaan keuangannya. “Masyarakat lebih mengandalkan tabungan, sayangnya menabung untuk menjamin keselamatan dan kesehatan masih minim. Karenanya kami akan terus melakukan edukasi ke masyarakat akan pentingnya asuransi jiwa,” uangkap Ade. Dari catatan selama 2011, perusahaan asuransi jiwa yang berpusat di Hongkong ini mencepai premi baru sebesar Rp 1,57 triliun, atau tumbuh sekitar 48 persen dibanding tahun sebelumnya 2010 yang tercatat Rp1,05 triliun. Sementara total premi yang berhasil diraih AIA selama 2011 mencapai Rp 4,35 triliun, atau tumbuh 24 persen dibanding 2010.Untuk memperkuat penetrasi di pasar tanah air AIA Financial juga juga mengeluarkan produk unit link. (top/hdi)

FOTO: BM/ANTARA

BLACKBERRY PORSCHE DESIGN Seorang model menunjukan produk terbaru BlackBerry Porsche Design P'9981 saat peluncuran di Jakarta, Kamis (14/6). BlackBerry P'9981 Porsche Design didesain untuk platform yang menjalankan kinerja prosesor 1,2 GHz dan tekhnologi Liquid Graphics dengan pilihan material yang terbuat dari stainless steel, back cover dari kulit dan Keyboard qwerty. Harga yang ditawarkan untuk sebuah BlackBerry Porsche Design P'9981 sekitar Rp 18.888.888.

ENERGI

Paiton Perkuat Ketersediaan SURABAYA, (BM) - Beroperasinya PLTU Paiton 3 di Probolinggo JawaTimur dapat memperkuat ketersediaan listrik. Sebab, pembangkit ekspansi yang menggunakan teknologi super critical (lebih efisien dari PLTU konvensional) sebesar 815 MW, maka kapasitas sistem kelistrikan JawaBali akan meningkat menjadi sekitar 29.231 MW. “Jawa-Bali itu kan sudah interkoneksi. Artinya, dengan adanya tambahan nbaru itu akan memperkuat ketersediaan listrik di Jawa Bali dan Madura. Khususnya di Jawa Timur,” ujar Deputi Manager Bidang Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN (Persero) Distribusi Jatim Arkad Matulu. Lebih lanjut dia mengatakan , sekarang posisi yang terbesar kan di Jatim. Di Jatim pertumbuhan penjualan Kwhnya paling besar. “Tahun lalu kita hanya delapan persen, tahun ini kita ditarget 17 persen pertumbuhan penjualan Kwh, karena kita punya ketersediaan daya listrik itu surplus. ,” katanya Waktu beban puncak saja, lanjut Arkad, masih terpakai sekitar 4000 MW, dengan adanya tambahan itu, sisanya sudah hampir 7.000 yang tersedia sekarang dengan beroperasinya Paiton 3. “Dengan adanya ketersediaan itu agar bisa digunakan oleh para pengusaha, disamping pelanggan rumah tanggapun saat ini terus bertambah,” pungkasnya. Seperti diketahui, pembangkit listrik yang semula direncanakan beroperasi pada 22 April 2012, namun realisasinya mampu beroperasi komersial lebih cepat 1 (satu) bulan, yaitu pada pada 18 Maret 2012. Dengan telah beroperasinya PLTU Paiton 3, maka PT Paiton Energy Company menjadi pengelola pembangkit tenaga listrik terbesar di komplek pembangkitan Paiton dengan total kapasitas sebesar 2.035 MW atau sekitar 7 persen dari total kapasitas pembangkit di Jawa-Bali. (top/hdi)


6

JUMAT, 15 JUNI 2012

TERANCAM: Tiga pilar Belanda Robin Van Persie (kiri), Wesley Sneijder (tengah) dan Mark van Bommel usai kalah 1-2 dari Jerman, Rabu (13/6) waktu setempat.

SUPORTER

FOTO: BM/DAYLIFE FOTO: BM/DAYLIFE

KENA GETAH: Akibat ulah suporternya, Rusia dijatuhi denda oleh UEFA.

Rusia Kena Denda Rp1,4 M WRACLOW, (BM) - UEFA akhirnya menjatuhkan sanksi berlapis kepada Persatuan Sepakbola Rusia (RFS) akibat tingkah laku buruk para suporternya di Piala Eropa 2012. Fans Rusia berulah saat menyaksikan tim kesayangannya bertarung melawan Republik Ceko, Sabtu (9/6) lalu. Pada pertandingan yang digelar di Stadion Miejski, para pendukung Beruang Merah terbukti telah melakukan pelemparan kembang api ke tengah lapangan. Sedangkan di luar stadion, sebagian suporter Rusia juga menyerang panitia bidang keamanan. UEFA kemudian menyelidiki kejadian ini. Dan otoritas tertinggi sepakbola Eropa itu memutuskan menjatuhkan denda sebesar 120 ribu euro atau setara dengan Rp1,4 miliar kepada Persatuan Sepakbola Rusia (RFS). Selain itu, EUFA juga menjatuhkan hukuman percobaan pemotongan 6 poin bila fans Rusia kembali melakukan masalah yang sama di kemudian hari. "Hukuman ini ditangguhkan untuk masa percobaan yang akan berjalan mulai dari sekarang dan akan berakhir pada playoff Piala Eropa berikutnya," bunyi pernyataaan resmi UEFA. Rusia sukses di partai perdananya Piala Eropa 2012. Di laga itu, Beruang Merah berhasil mengalahkan Ceko 4-1. Sayang kemenangan ini harus ternoda sikap suporternya yang melemparkan kembang api ke tengah lapangan. (gol/hdi)

PERNIK

FOTO: BM/DAYLIFE

RIVALITAS DI BANDARA: Persaingan antara Belanda dan Jerman sudah mencuat sejak di Bandara Kharkiv.

Pesawat Belanda 'Hambat' Jerman KHARKIV, (BM) - Rivalitas Belanda-Jerman di lapangan sepakbola sampai berimbas ke luar arena. Dua pesawat Belanda dilaporkan membuat rombongan kerabat pemain Jerman telat sampai. Diceritakan Reuters, sebelum kedua kesebelasan kickoff pada Rabu (13/6) malam, dua pesawat dari Belanda, yang diparkir di bandara Kharkiv tanpa penumpang, menolak memberi tangga mereka untuk sebuah pesawat Jerman. Penumpang pesawat yang terdiri dari rombongan media Jerman, dan juga teman-teman serta keluarga para pemain Der Panzer itu, sampai harus menunggu sekitar setengah jam di dalam kabin yang cukup panas. Mereka akhirnya bisa keluar dari pesawat setelah mendapatkan tangga lain dari pihak bandara. "Sepertinya dua pesawat Belanda itu sengaja mempermainkan kami dengan menolak memberikan tangganya," pilot pesawat Jerman itu mengatakan demikian kepada para penumpangnya. Sejarah pertemuan Belanda-Jerman di sepakbola memang penuh cerita. Salah satu yang paling terkenal adalah ketika pemain Belanda Frank Rijkaard meludahi rambut penyerang Jerman Rudi Voeller di Piala Dunia 1990. Pada pertandingan dinihari tadi Jerman menang dengan skor 2-1. (rtr/hdi)

DE ORANJE KRITIS

Grup B yang disebutsebut sebagai "neraka" Piala Eropa 2012 telah merampungkan laga kedua. Hasilnya cukup mengejutkan, Belanda yang digadang-gadang menjadi favorit di turnamen empat tahunan ini terancam gagal lolos dari grup. KHARKIV, (BM) - Dari dua pertandingan yang dilakoni, Belanda belum mampu mencuri sebiji poin pun alias selalu kalah. Pertama, De Oranje dibungkam Denmark lewat gol tunggal Michael Krohn-Dehli. Di laga berikutnya, pasukan Bert van Marwijk dibungkam Jerman 21. Dua gol Mario Gomez yang bersarang telak di gawang

Maarten Stakelenburg hanya mampu dibalas oleh gol Robin van Persie menit ke-73. Secara matematis, tim Oranye memang masih punya asa untuk bisa lolos ke babak berikutnya. Tapi, tentu saja itu tidak akan mudah. Kemenangan besar di laga terakhir menghadapi Portugal menjadi harga mati bagi Belanda. Namun, itu bukan rintangan satu-satunya. Meskipun nanti mampu memberangus Cristiano Ronaldo Cs, Belanda juga masih berharap Jerman menumbangkan Denmark di pertandingan lain. Bert van Marwijk selaku pelatih Belanda paham benar nasib timnya kini berada di ujung tanduk. Namun, dia mengaku tidak mau menyerah begitu saja. "Masih ada peluang dan kami harus yakin bisa melakukannya.

Itu yang selalu saya katakan kepada pemain di ruang ganti," seru Marwijk usai pertandingan melawan Jerman. Hal senada juga diungkapkan oleh gelandang Rafael van der Vaart. Menurutnya, hal yang perlu dilakukan oleh para pemain Belanda untuk saat ini adalah menatap peluang kecil yang ada dengan penuh keyakinan. "Hal sederhana yang harus dilakukan sekarang adalah tetap meyakini peluang yang ada," seru pemain Tottenham Hotspur tersebut. Lewati Portugal Portugal, calon lawan Belanda di partai terakhir sudah pasti tidak akan menyerah begitu saja. Apalagi, tim besutan Paolo Bento ini juga mengusung misi meraih tiga poin pada pertandingan nanti demi menjaga atau

malah memastikan langkah ke perempatfinal. Saat ini, Portugal berada di urutan ketiga klasemen Grup B, mereka mengantongi poin dan jumlah gol sama seperti Denmark yang berada satu tingkat di atasnya. Jika gagal meraih hasil maksimal saat menghadapi Belanda, maka praktis Seleccao das Quinas terancam angkat koper dari perhelatan ini. Tentu, mereka tidak ingin hal buruk tersebut jadi kenyataan. Portugal yang mental bertandingnya sedang melambung usai kemenangan 3-2 atas Denmark bakal berjuang hingga titik penghabisan saat bertemu Belanda nanti. "Setelah Denmark, kami menginginkannya lebih. Kami ingin coba merebut kemenangan saat melawan Belanda. Itu agar bisa lolos dari fase grup yang

menjadi tujuan besar pertama kami, dan kemudian kami baru berpikir tentang hal lain," kata gelandang Joao Moutinho. Tak bisa disangkal, Belanda sangat berharap pada kebaikan hati Jerman di pertandingan terakhir nanti. Walaupun menang besar atas Portugal, namun itu tidak akan ada artinya jika Der Panzer "enggan" menundukkan Denmark di partai lainnya. Untuk lolos ke perempatfinal, Jerman memang hanya butuh hasil imbang. Atau jika Belanda mampu mengatasi Portugal, mereka juga tak masalah harus kalah dari Denmark. Tapi, skenario itu tentu tak diharapkan Tim Negeri Kincir Angin. Belanda ingin Jerman menjadi "dewa penolong" mereka dengan tampil maksimal dan memetik kemenangan atas Denmark. (gol/hdi)

Pembalasan Gomez JERMAN berhasil mencapai final Piala Eropa 2008, berhadapan dengan Belanda. Namun tabloid kenamaan asal Inggris, The Sun mengatakan, Mario Gomez tidak memiliki kontribusi atas keberhasilan "Der Panzer". Dengan meletakkan nama Gomez sebagai 10 pemain gagal di turnamen tersebut, The Sun mengkritik dengan kejam. "Perjalanan Jerman ke final merupakan prestasi yang tidak berarti, terutama ketika kamu menyadari mereka hanya efektif bermain dengan 10 orang pemain. Gomez tidak berkontribusi apa-apa. Pelatih Joachim Loew juga tidak menurunkannya sejak babak perempat final," tulis harian itu. Ketika Gomez membacanya, itu sangat menyesakkan hatinya. Empat tahun kemudian, dia kembali dan menabuh genderang pembalasan. Loew memilihnya sebagai penyerang utama (bukan Miroslav Klose), pada pertandingan pertama Jerman di Grup B Piala Eropa 2012.

Gomez langsung mencetak satu gol, sekaligus gol kemenangan Jerman atas Portugal 1-0. Pelatih berusia 52 tahun itu, lagilagi mempercayakan Gomez bertanding. Kali ini untuk melawan Belanda di Kharkiv. Penyerang Bayern Munich tidak menyia-nyiakan peluang yang diberikan pelatih kepadanya. Dia melesatkan dua gol ke gawang finalis Piala Dunia 2010 itu. Meski mencetak dua gol, Gomez tidak merayakan keberhasilannya. Dia mengatakan tidak ingin memprovokasi para pendukung Belanda, di saat isu pertarungan suporter sedang berhembus. Pada pertandingan melawan Denmark nanti, Loew mengatakan akan mengotak-atik timnya. Namun, khusus untuk Gomez sepertinya akan tetap jadi pilihan utamanya. "Permainannya sangat baik... Saya pikir dia sangat penting bagi tim," kata Loew dikutip ESPN. (gol/hdi)

FOTO: BM/DAYLIFE

DUA GOL: Striker Mario Gomez mendapat ucapan selamat dari rekan setimnya Mezut Ozil (kanan) usai membobol gawang Belanda, Kamis (14/6) WIB.

SELEBRASI: Para pemain Portugal ketika merayakan gol pamungkas ketika mengalahkan Denmark 3-2 pada laga Grup B di Lviv, Ukraina, Rabu (13/6).

Janjikan Konsistensi LVIV, (BM) - Sempat berada di bawah tekanan di menit akhir pertandingan, Portugal akhirnya sukses mengatasi perlawanan Denmark. Seleccao das Quinas mengunci kemenangan dengan skor 3-2 dalam laga lanjutan babak penyisihan grup B Piala Eropa, Rabu (13/6) waktu setempat. Arsitek Paolo Bento mengucap syukur atas keberhasilan Portugal meraup poin penuh saat jumpa Denmark. Lewat partai sengit, Seleccao das Quinas memetik kemenangan 3-2 dari tangan Denmark. Kemenangan yang diraih Portugal mengindikasikan, Portugal masih berstatus tim favorit yang bisa meloloskan diri dari grup maut. Upaya Portugal untuk melanjutkan langkahnya di Polandia dan Ukraina sempat diragukan usai menelan kekalahan 1-0 dari tangan Jerman di pertandingan perdana. "Ini berbeda dari pertandingan melawan Jerman. Kami berhasil mencetak gol. Tapi terlepas dari itu semua, kami melanjutkan performa seperti yang kami perlihatkan saat melawan Jerman," ujar Bento dilansir laman resmi UEFA. Walau berhasil mengemas rapor impressif, Bento tidak ingin terlena. Dia masih perlu

memoles organisasi permainan timnya. Lebih dari itu, sang instruktur akan memberikan porsi latihan khusus kepada anak asuhnya saat melakukan penyelesaian akhir. Pasalnya, dalam pertandingan tersebut, Portugal sempat membuang banyak peluang. "Di paruh kedua, kami tidak berdiam diri saat memimpin. Kami berupaya berupaya keras mencetak gol ketiga," tuturnya. Kemenangan Portugal juga disyukuri Joao Moutinho. Winger Portugal itu menyebut, timnya akan berusaha sekuat tenaga mempertahankan performa terbaik untuk mendapat hasil optimal di setiap laga. "Apa yang kami lakukan telah kami perkirakan. Kami menunjukkan permainan terbaik hingga akhir dengan sprit yang sama saat memulainya," ujar pemain yang merumput untuk FC Porto tersebut dikutip situs resmi UEFA. Lepas dari hadangan Denmark, Portugal kini bersiap diri menghadapi Belanda. "Setelah pertandingan ini, kami menginginkannya lebih. Kami ingin mencoba merebut kemenangan saat melawan Belanda dan bisa lolos dari fase grup, yang menjadi tujuan besar pertama kami, dan kemudian kami berpikir tentang hal lain," beber dia. (gol/hdi)


JUMAT, 15 JUNI 2012

7

BERITA METRO Ibnu Rusdianto: Untuk besaran nominal uang gedung yang harus dibayar biasanya disesuaikan klasifikasi yang sudah ditentukan.

Empat Masalah Besar di Papua

Van Marwijk Salahkan Pertahanan

SAMBUNGAN HALAMAN 1

Ketua... Akibatnya, ratusan massa pendukung KNPB mengamuk lalu membakar sejumlah ruko dan puluhan kendaraan bermotor. Massa juga menganiaya 4 warga dengan parang. Dikabarkan, ada seorang warga bernama Indra Karangin tewas akibat dianiaya. Namun, Kapolda Papua Irjen Pol Bigman Lumban Tobing membantah ada warga yang tewas dalam aksi itu. “Saya tegaskan lagi, tidak ada warga yang tewas. Jika Indra Karangin sebelumnya dikabarkan tewas, saya klarifikasi lagi itu salah,” kata BL Tobing. “Dia memang diparang dan dibacok dileher dan pipi kiri serta tangan kiri hampir putus dan kondisinya saat ini kritis dan sedang dioperasi di Rumah Sakit Dian Harapan Waena,” lanjutnya. Dia mengakui, memang ada empat warga terluka parah termasuk Indra Karangin saat massa pendukung KNPB mengamuk. Namun tidak ada korban tewas. Saat ini, para korban sedang dirawat di sejumlah rumah sakit di Jayapura. Warga yang dianiaya, bukan hanya di lokasi penembakan Mako Tabuni tapi juga di sekitar Expo Waena. Selain melukai empat warga, lanjutnya, massa juga membakar puluhan sepeda motor, 4 mobil dan 5 ruko di sekitar lokasi penangkapan Mako Tabuni. Sebelumnya, kabar Indra Karangin meninggal disampai-

kan oleh Lumban sendiri. “Ada satu warga sipil tewas dikeroyok di Waena Expo. Sekarang berada di rumah sakit. Kami sedang inventarisasi,” katanya di lokasi kejadian. Indra Karangin dianiaya saat melintasi lokasi amuk rasa. Dia baru lulus dan sedang menuju sekolahnya untuk mengambil ijazah. Hingga kini, situasi keamanan Distrik Waena di Abepura, Papua, berangsur normal, setelah sempat dilanda kerusuhan. Satu orang pendatang dilaporkan dalam kondisi kritis, sementara sedikitnya lima rumah dan puluhan kendaraan. EMPAT MASALAH Sementara itu, Wakil Ketua Komisi Pertahanan Keamanan Dewan Perwakilan Rakyat, Tubagus Hasanuddin, mengkritisi reaksi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menanggapi situasi di Papua. Menurut dia, pemulihan situasi di Papua tak cukup dengan operasi pemulihan keamanan seperti yang diinstruksikan presiden pada Panglima TNI dan Kapolri pada Selasa lalu. “Operasi pemulihan keamanan bukan tindakan yang komprehensif,” kata TB Hasanuddin, Kamis (14/6). Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini mengatakan masalah di Papua sebenarnya bukan hanya masalah gangguan keamanan yang eskalasinya terus meningkat. Menurut TB, sebenarnya ada empat masalah besar yang harus

Belanda...

FOTO: BM/DAYLIFE

PENGAMANAN: Kendaraan taktis Kepolisian ketika melintas di jalanan Distrik Waena, Jayapura, Provinsi Papua, Kamis (14/6). Wilayah tersebut sempat dilanda aksi massa setelah penangkapan ketua KNPB, Maco Tabuni oleh pihak kepolisian.

diselesaikan melalui upaya komprehensif dan terpadu. Masalah pertama, yaitu gagalnya pelaksanaan otonomi khusus, terutama dalam pemangunan di bidang kesejahteraan ekonomi, kesehatan, dan pendidikan. Kedua, masih kuatnya diskriminasi dan marjinalisasi terhadap masyarakat asli Papua dalam berbagai bidang. Selain itu, juga karena masih besarnya perasaan traumatis dari sebagian masyarakat Papua sebagai akibat tindakan represif aparat pada masa lalu. Tindakan represif masa lalu yang dikategorikan pelanggaran HAM, kata Tubagus, sampai kini belum diselesaikan hingga tuntas. Masalah lain yang tak kalah penting adalah masih adanya perbedaan persepsi tentang terintegrasinya Papua ke dalam wilayah NKRI melalui Penen-

tuan Pendapat Rakyat pada 1969. Empat masalah besar di Papua ini, kata Tubagus, semakin bertambah dengan munculnya kasus penembakan gelap yang tak mampu diungkap oleh Polri. Dalam 18 bulan terakhir, kata dia, telah terjadi lebih dari 30 kali penembakan dan hampir semuanya tidak terungkap. Situasi ini telah menimbulkan rasa saling curiga antara TNI dengan Polri dan TNI/POLRI dengan rakyat Papua. Menurut Tubagus, selain persoalan penegakan hukum yang harus ditegakkan, dia khawatir perintah untuk melakukan operasi pemulihan keamanan oleh presiden justru akan menimbulkan gejolak baru dalam masyarakat. Bahkan, ada kekhawatiran malah bisa terjadi pelanggaran HAM lagi. (ant/tpi/hdi)

Jadi Pergunjingan di Civitas Unair SAMBUNGAN HALAMAN 1

Dibekingi... Terungkapnya uang pelicin hingga Rp 2,5 miliar tersebut diketahui dari beberapa wali mahasiswa yang saling berkomunikasi sebelum mengisi daftar kesediaan memberi uang partisipasi untuk pendidikan. “Saya tahu sendiri karena saat itu dia sempat bertanya angkanya,” beber dosen ini. Wali mahasiswa tersebut memutuskan mengisi amplop Rp 2,5 miliar karena tahu kompetitor anaknya bersedia memberi dana partisipasi Rp 1,5 miliar. Sementara Dosen ini mengakui jika mahasiswa yang dia bawa tersebut cukup dengan hanya membayar Rp 750 juta. Meski demikian Dosen ini menegaskan, bahwa tidak semua yang memberi uang besar selalu diterima. “Masih memperhatikan juga passing gradenya (batas nilai minimum kelulusan),” kata Dosen ini sembari menegaskan bahwa passing grade bukan jaminan kelulusan masuk Fakultas Kedokteran. Inilah yang kemudian mendatangkan celah baru bagi para makelar untuk memasukkan mahasiswa di FK Unair. Bahkan, sekelas oknum anggota DPR RI dan jaksa di lingkungan Kejati Jawa Timur juga terlibat. Sesuai aturan, seharusnya para pejabat penting yang bela-

kangan menempatkan dirinya sebagai ‘makelar’ masuknya mahasiswa FK Unair tersebut hanya menerima 30 persen dari isi perjanjian. Tapi faktanya, keuntungan mereka bisa jauh lebih besar. Itu karena si makelar bisa mengelabuhi wali mahasiswa tersebut setelah mendapatkan ‘harga resmi’ dari orang dalam di FK Unair. “Setelah dia (makelar) dapat harga pasti, dia bisa minta harga seenaknya. Yang penting ada jaminan pasti masuk. Apalagi uang juga baru akan dibayar setelah masuk. Ini permainan makelar juga,” beber sumber ini. Sementara itu, sumber Berita Metro yang juga pernah beberapa kali meloloskan titipannya (masuk Fakultas Kedokteran), menceritakan alur terjadinya transaksi ‘jual beli’ kursi mahasiswa Fakultas Kedokteran. Bagi para pemburu masuknya Fakultas Kedokteran, seseorang bisa memulai dengan mendatangi Kampus C Unair. Tepatnya di lantai tiga menemui staf administrasi. Untuk menemui staf tadi tidak bisa dilakukan kecuali dengan surat perjanjian. “Jadi masuknya harus pakai surat. Di tujuan pada Pak Rektor,” kata sumber ini. Setelah itu, biasanya wali

mahasiswa tersebut juga disodori sebuah amplop berisi kesanggupan membayar uang partisipasi untuk pembangunan gedung. “Sanggup membayar sumbangan sebesar bla bla bla,” cerita sumber ini. Meski sudah tahu caranya, tapi tidak mudah bagi seseorang yang ingin menembus lantai III kampus C tersebut. Dia harus memiliki referensi orang dalam. Referensi inilah yang akan menjadi penguat bahwa orang yang naik lantai III sudah aman. Jual beli kursi mahasiswa FK Unair ternyata juga menjadi pembicaraan di kalangan aktifis Unair. Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga Ibnu Rusdiarto mengaku kerap mendengar desas desus praktek tersebut. “Persisnya saya tidak tahu. Saya hanya mendengar itu ada Mas,” kata Ibnu Rusdianto. Ibnu membenarkan bahwa calon mahasiswa yang ingin masuk ke Fakultas Kedokteran diharuskan membayar uang gedung yang jumlahnya mencapai ratusan juta rupiah. Akan tetapi besarnya uang gedung tidak disamakan antara satu mahasiswa dengan yang lain. Karena disesuaikan kemampuan orang tua calon mahasiswa baru (maba). “Untuk besaran nominal uang gedung yang harus dibayar biasanya disesuaikan klasifikasi

yang sudah ditentukan,”aku mahasiswa semester enam ini. Menurut iybnu, berdasarkan informasi yang dia dapat untuk tahun ini bagi calon mahasiswa yang ingin masuk fakultas kedokteran besarnya uang gedung yang harus dibayar disesuaikan dengan tujuh golongan yang telah ditentukan pihak rektorat. Sedangkan untuk tahun kemarin, tambah dia, kalsifikasi yang dibuat hanya ada empat golongan. “Semua kebijakan yang menentukan adalah Rektorat. Sedangakn pihak Dekanat hanya mengikuti dan menjalankan saja,”cetus mahasiswa yang mengaku dari Jawa Tengah ini. Lebih jauh Ibnu mengungkapkan, penerimaan mahasiswa baru di Fakultas Kedokteran tidak ada korelasinya dengan prestasi yang dimiliki calon mahasiswa. Meskipun memiliki prestasi mentereng tapi tidak mampu membayar uang gedung, dipastikan calon mahasiswa yang bersangkutan akan tersingkir. “Yang utama adalah lulus SMPTN setelah itu baru uang gedung,”ungkapnya. Akan tetapi yang membuat dirinya khawatir justru pola penarikan uang gedung yang dilakukan. Sebab bisa saja terjadi siswa yang harusnya membayar mahal dikenakan biaya yang lebih murah, sedangkan bagi mahasiswa yang kurang mampu malah dilipat gandakan. (bmb/hab)

Fasilitas Kamar, Semua Sama Miranda... Perempuan pun kemudian merangsek masuk dalam ketiga lingkaran tersebut. Ekses kemajuan zaman dan peningkatan kiprah perempuan di berbagai bidang, juga tak menutup mereka untuk berurusan dengan korupsi. Sebut saja Mindo Rosalina Manulang. Perempuan yang menjadi penghuni pertama itu adalah mantan Direktur Pemasaran PT Anak Negeri. Ia menjadi penghuni rutan pada 12 Januari 2012 lalu. Ia masuk ke rutan karena minta dipindah setelah mendapat ancaman. Diva kedua adalah Angelina Sondakh. Bekas Puteri Indonesia 2001 itu harus menjadi pe-

SAMBUNGAN HALAMAN 1

sakitan karena tersandung kasus Wisma Atlet Jakabaring, Palembang. Angie menjadi penghuni sejak 27 April 2012. Angie bahkan harus menerima perpanjangan penahanan hingga 25 Juni mendatang. Dan perempuan yang paling baru adalah Miranda Swaray Goeltom. Miranda ditahan setelah diperiksa lembaga antirasuah itu untuk pertamakalinya pada 1 Juni lalu. Dosen pascasarjana UI itu akan ditahan hingga 20 Juni mendatang. Menurut informasi yang diperoleh, Miranda kini menempatkan sel atau kamar tahanan nomor 3. Atau tepatnya berte-

tangga dengan Angelina Sondakh yang menempati kamar nomor 2. Sedangkan Rosa di nomor 1. Bedanya, nomor 1 berseberangan dengan lamar lainnya yang dibatasi dengan kamar mandi dan pasti melewati petugas jaga. Fasilitas pada tiap kamar tahanan terbilang sama. Bahkan, kamar yang seluas 3,1 X 3,5 pada tiap sel juga tak memiliki pendingin ruangan serta kamar mandi di dalamnya. “Tak ada yang beda, semua fasilitas sama, kamar mandi pun di luar. Kamar mandi di sini ada 3. Kalau kamar ada 5. Jadi saat ini mereka (Rosa, Miranda dan Angie) masih bisa pakai kamar mandi sendiri-sendiri,” tutunya. Sosok lainnya adalah Neneng

Sri Wahyuni. Istri terpidana kasus Wisma Atlet, Muhammad Nazaruddin itu merupakan tersangka kasus korupsi proyek pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Setelah buron berbulan-bulan, Neneng akhirnya berhasil ditangkap KPK, Rabu 13 Juni 2012, saat berada di rumahnya di Pejaten, Jakarta Selatan. Kemudian ada nama Nunun Nurbaetie. Istri mantan Wakapolri Adang Daradjatun ini terjerat kasus suap dalam pemilihan Deputi Gubernur Bank Indonesia pada tahun 2004. Nunun diduga sebagai pihak yang memberi 480 cek pelawat kepada sejumlah anggota dewan periode 1999-2004. (vvn/kcm/hdi)

SAMBUNGAN HALAMAN 1

Perubahan itu memang membuat permainan Belanda lebih hidup di babak kedua. Namun, hanya membuahkan sebiji gol. Belanda tetap mengakhiri laga Euro 2012 dengan kekalahan. Pelatih Belanda, Bert van Marwijk, menyebut barisan pemain bertahannya biang kekalahan. “Pertahanan kami sangat kacau. Kerjasama antara pemain bertahan dengan dua gelandang bertahan sangat mengecewakan,” kesal van Marwijk seperti dilansir ESPN. Dereta pemain bertahan Belanda, di antaranya, Gregory Van der Wiel, Joris Mathijsen, Johnny Heitinga dan Jetro Willems. Sementara gelandang bertahan diisi oleh Mark van

Bommel dan Nigel de Jong. “Gol Jerman yang tercipta dengan mudah adalah kesalahan kami, kami terlalu terbuka di depan dan memberi mereka ruang terlalu banyak,” sambungnya. Meski kalah dalam dua pertandingan, Van Marwijk belum mau melempar handuk, sebab masih ada peluang untuk lolos meski sangat tipis. “Turnamen ini belum berakhir buat kami. Saya pikir Jerman tak akan memberi kemenangan pada Denmark di laga berikutnya. Itu tak akan terjadi di level seperti ini. Kami harus bangkit dan mengalahkan Portugal 2-0,” lanjut van Marwijk. Belanda memang baru di ambang kegagalan seperti

Euro 1984 di Prancis di mana mereka tak lolos di fase grup. Namun, di Euro 2012 Arjen Robben dkk sejatinya belum berarti gagal. Sebab, masih ada laga ketiga mereka melawan Portugal meski itu menjadi peluang kecil. Belanda masih bisa lolos ke perempat final kali ini dengan beberapa syarat. Pertama, mereka harus memukul Portugal dengan keunggulan dua gol. Syarat lainnya, Jerman juga harus menjungkalkan Denmark. Jika itu terjadi, Belanda bisa lolos ke perempat final dengan nilai tiga namun unggul selisih gol. Di sisi lain, meski telah menang dua kali, posisi Jerman juga belum aman. Jika tim asuhan Joachim Loew itu kalah dari Denmark, dan Portugal menang besar atas Belanda, Jerman masih mungkin tersingkir. (*/ibn)

Kerajaan Malaysia Datangi KPK Penerbangan...

SAMBUNGAN HALAMAN 1

Kabar yang menyebutkan Neneng terbang dari Malaysia dan mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta sebelum akhirnya ditangkap tim KPK ternyata belum dipastikan kebenarannya. Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maryoto Sumadi mengatakan pihaknya telah melakukan pengecekan data perlintasan keimigrasian di kantor Imigrasi Bandara Soekarno Hatta dan di Batam. Dan hasilnya, nama Neneng ternyata tidak tercatat di dua perlintasan tersebut. “Nama yang bersangkutan tidak ada / tidak terdaftar di dalam Data Perlintasan Keimigrasian,” kata kepada wartawan, Kamis (14/6). Menurut Maryoto, data keimigrasi terakhir terkait Neneng adalah ketika istri Muhammad Nazaruddin tersebut meninggalkan Indonesia. “Data yang ada atas nama yang bersangkutan masih data lama saat yang bersangkutan meninggalkan Indonesia, setelah itu tidak ada data lagi,” katanya. Kejanggalan inilah yang membuat banyak pihak akhirnya ragu dengan keterangan KPK bahwa buronan kasus korupsi itu diintai sejak mendarat di bandara hingga menuju rumhanya. Fakta baru yang dikemukakan Maryoto tadi boleh jadi justru makin memperkuat klaim dari pengacara M Nazaruddin yang mengaku istri kliennya itu menyerahkan diri, bukan ditangkap sebagaimana pernyataan KPK. Atas catatan pihak imigrasi ini pula, Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Amir Syamsuddin ikut meragukan kronologis penangkapan Neneng versi KPK. “Itu pun nggak jelas. Yang pasti tidak ada data pelintasan imigrasi mengenai kedatangan dia (Neneng),” kata Amir di Istana Negara Jakarta, Kamis (14/6). Amir tidak ingin lebih jauh membuat perkiraan apakah

Neneng ditangkap atau menyerahkan diri ke KPK. “Jelasnya melalui penelitian kami, tidak ada data pelintasan imigrasi yang bersangkutan,” ujar Amir. Sebelumnya, KPK menangkap Neneng, buron dalam kasus dugaan korupsi pengadaan pembangkit listrik tenaga surya di Kemenakertrans, kemarin. Neneng dikabarkan masuk ke Indonesia setelah melalui perjalanan dari Malaysia ke Batam kemudian ke Jakarta, dan terus ke kediamannya di Pejaten, Jakarta Selatan. Wakil Ketua KPK Bambang Widjodjanto dalam konferensi pers di KPK mengatakan pada Selasa (12/6) malam, KPK mendapat informasi Neneng pada malam itu berangkat dari Kuala Lumpur, Malaysia menuju Batam, Kepulauan Provinsi Riau. Neneng menggunakan jalur laut untuk memasuki Batam. Setibanya di Batam, Neneng bermalam di Batam Center Hotel. Sehari kemudian, Neneng berangkat menggunakan pesawat Citilink menuju Bandara Soekarno-Hatta dan mendarat pada pukul 11.30 WIB. Tim KPK membuntuti perjalanan Neneng dari bandara menuju kediamannya di Pejaten. Pukul 15.30 WIB, Neneng tiba di rumahnya dan di situlah KPK menangkap Neneng. “Penangkapan dilakukan dengan cepat dan tidak ada perlawanan karena di rumah hanya ada tiga orang yaitu Neneng dan dua pembantunya,” kata Bambang. Setelah sekitar 23 jam menjalani pemeriksaan, KPK menjebloskan Neneng ke Rumah Tahanan kompleks gedung Jalan Rasuna Said, Kamis (14/6). Perlakuan KPK terhadap Neneng sedikit berbeda dengan tersangka lainnya yang ditahan di Rutan KPK. Biasanya, tersangka KPK yang ditahan setelah menjalani pemeriksaan, akan berjalan kaki dari pintu depan kantor KPK menuju Rutan yang jaraknya sekitar 100 meter. Namun, Neneng menggunakan mobil

tahanan KPK saat menuju Rutan. Menurut Juru Bicara KPK, Johan Budi SP, rutan KPK sebelumnya telah membangun sebuah ruangan baru yang letaknya agak terpisah dengan empat sel lainnya. Neneng akan ditempatkan di salah satu sel yang berdekatan dengan Angelina Sondakh dan Miranda Swaray Gultom. Sementara Rosa, akan dipindahkan ke ruangan baru tersebut. “Rosa dipindahkan ke ruangan baru yang agak terpisah dengan ruang tahanan lainnya. Neneng akan disatukan bersama tahanan sebelumnya,” kata Johan, Kamis (14/6). Sementara dua warga negara Malaysia yang ikut ditangkap bersama Neneng, R. Azmi Bin Muhamad Yusof dan Mohamad Hasan Bin Khusi kini sudah ditetapkan sebagai tersangka. Mereka diduga mencegah atau merintangi proses penyidikan perkara Neneng dengan membantu yang bersangkutan selama buron. “Pimpinan KPK berdasarkan bukti-bukti yang ada sudah menetapkan status dua warga negara tetangga kita tersebut sebagai tersangka,” kata Deputi Penindakan KPK, Iswan Helmi dalam jumpa pers yang berlangsung di gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Kamis (14/6). Menurut Iswan, penetapan keduanya sebagai tersangka didasarkan pada alat bukti yang cukup. KPK memeriksa keduanya sejak tertangkap kemarin sore. Salah satu dari mereka di tangkap di kawasan Pasar Senen, Jakarta sedangkan seorang lagi ditangkap saat hendak menuju Lembaga Pemasyarakatan Cipinang, tempat suami Neneng, Muhammad Nazaruddin ditahan. Atas penetapan hukum ini, dua orang utusan Kerajaan Malaysia pun mendatangi Kantor KPK. Kedatangan mereka untuk menanyakan dalih KPK menetapkan dua penasihat KErajaan Malaysia itu sebagai tersangka. “Dia nanya apa benar ada warga negara Malaysia yang ditangkap,” kata Johan Budi. (arw/kc/dt)

Lapindo Tak Layak Dibantu APBN Hari Ini...

SAMBUNGAN HALAMAN 1

Taufik menjelaskan, pekan lalu pihaknya telah mendaftarkan permohonan uji materi Pasal 18 Undang Undang (UU) 4/2012 tentang APBN P 2012 yang menjadi dasar pemberian dana APBN tersebut untuk penanggulangan kasus Lapindo. Menurutnya, dasar dari permohonan ini adalah selaku warga negara pihaknya keberatan jika pajak yang dibayarkan ke negara justru digunakan untuk menalangi kerugian akibat kasus Lapindo. Mereka menilai, semburan lumpur panas di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur tersebut adalah murni kesalahan perusahaan Lapindo Brantas.Inc dalam melakukan pengeboran.

Sehingga tidak layak jika uang rakyat yang harus digunakan dalam untuk membayar kesalahan personal. “Inilah yang perlu diluruskan, kami rasa seharusnya beban kerugian itu ditanggung oleh perusahaan terkait yang menyebabkan terjadinya semburan lumpur tersebut, bukan sebaliknya membebankan hal tersebut pada APBN yang bersumber dari pajak yang dibayarkan rakyat,’’ tandasnya. Tim Penyelamat APBN memperkirakan, sejak semburan pertama muncul pada 2006 silam total dana APBN yang telah digunakan untuk menanggulangi kasus ini mencapai Rp 3,9 triliun. Menurut

Taufik, dari hasil analisa sejumlah pakar bencana Lapindo tersebut murni kesalahan dalam pengeboran. Namun belakangan proses politik di Senayan mampu merubah penyebab kasus kesalahan individu tersebut itu menjadi gempa Jogjakarta yang terjadi beberapa saat sebelumnya. Untuk itu, tim tersebut beranggapan bahwa sangat kelirujika APBN yang semestinya digunakan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat justru digunakan untuk menalangi kerugian tersebut. “Kami menggugat pasal itu karena bertentangan dengan Pasal 23 ayat 1 UUD 1945, dimana penggunaan APBN semestinya sepenuhnya untuk kesejahteraan rakyat bukan untuk membayar kelalaian satu pihak saja” ujarnya. (arw/bs)


Gdansk Poznan

Warsaw

POLANDIA

Kiev

Wroclaw

Lviv

Kharkiv

UKRAINA

Donetsk

8

JUMAT, 15 JUNI 2012

Samir Nasri Andriy Shevchenko

FOTO: BM/DAYLIFE

DONETSK (BM) – Sukses Andriy Shevchenko dkk. menekuk Swedia dengan skor 2-1 pada laga Grup D, Selasa dinihari WIB (12/6) langsung menyelimuti publik Ukraina dengan euforia. Namun, gegap gempita fans Zhovto-Blakytni kini sedang terancam oleh hasrat menang Prancis di Donbass Arena, Donetsk malam nanti (Siaran Langsung RCTI 23.00 WIB). Setelah bermain imbang 1-1 dengan Inggris di laga perdana Grup D, tiga poin memang mutlak dibutuhkan Les Bleus. Jika kembali gagal menang atau bahkan kalah, Prancis akan tertinggal di trek perebutan dua tiket perempat final dari Grup D. Sebab, Swedia dan Inggris juga dipasti-

kan akan saling menjatuhkan demi kemenangan penting. Oleh sebab itu, Prancis diprediksi tampil menekan meski berlaga di hadapan pendukung Ukraina. “Kami akan menghadapi Ukraina di hadapan pendukung mereka sendiri dan itu tidak akan mudah. Tapi saya pikir Ukraina akan bermain lebih terbuka (ketimbang Inggris). Jadi mungkin kami akan mendapat ruang lebih banyak, dan kami berpeluang lolos di Grup D,” kata pemain Prancis, Patrice Evra seperti dikutip AP. Pelatih Perancis, Laurent Blanc mengamini bahwa situasi timnya masih jauh dari aman. Diapun menegaskan bahwa timnya harus bekerja keras me-

lawan Ukraina.”Kami harus lebih percaya diri dan tenang dalam pertandingan-pertandingan besar seperti ini,” ujarnya. Mantan pemain Inter Milan itu menilai Ukraina sebagai tim dengan disiplin bertahan dan menyerang balik sangat cepat. Efektivitas permainan Ukraina terbukti saat menekuk Swedia 21. Dan kini, Ukraina hanya membutuhkan dua poin dari dua laga sisa untuk lolos. Blanc mengisyaratkan bakal mengaktifkan sayap demi membantu serangan. Ini tersirat dalam komentarnya terkait laga melawan Inggris. “Kami seharusnya bermain lebih lebar dibandingkan sebelumnya. Itu yang harus kami kerjakan. Kami

akan mengevaluasi dan memutuskan apakah diperlukan perubahan karena melawan Ukraina akan sangat sulit bagi kami,” ujar Blanc. Dukungan pemain dari sayap Perancis akan membanjiri sisi luar pertahanan Ukraina sebelum menusuk ke kotak penalti. Nasri dan Ribery perlu ruang lebih lebar untuk membangun serangan dan memberikan umpan kepada Benzema. Di sisi lain, pelatih Ukraina, Oleg Blokhin mengisyaratkan bahwa timnya wajib bekerja keras di sepanjang laga. Dia tak ingin, timnya terlarut dalam euforia kemenangan atas Swedia di laga perdana. “Tidak ada alasan untuk euforia,” ujar Blokhin

“Kami masih memenangi satu pertandingan. Sebagai pelatih, saya tidak pernah gembira. Para pemain sedikit terkejut setelah sisi pembekalan. Mereka sedikit mengalami euforia, namun tidak ada alasan untuk tidak tetap menjejak tanah,” tambahnya. Dia juga mengingatkan bahwa para pemainnya harus tetap ekstra waspada terutama jelang akhir pertandingan. “Kami melihat pada sepuluh menit terakhir, semuanya dapat saja salah. Saya tidak berpikir ini (mellawan Swedia) adalah pertandingan terhebat dalam sejarah Ukraina, terdapat begitu banyak kesalahan. Beberapa dapat dibenahi, namun yang lain tidak memiliki cukup waktu,” tegasnya. (*/ibn)

Berburu Kemenangan 43 Tahun

FOTO: BM/DAYLIFE

GILA BOLA: Urusan Perdana Menteri Ukraina, Mykola Azarov, menjadi kian dekat dengan bol sejak Ukraina menjadi tuan rumah Euro 2012. Azarov juga larut dalam euforia kemenangan Ukraina atas Swedia 2-1 di laga perdana Grup D.

Menang Bir Swedia, Siap Bertaruh Brandy Prancis KIEV (BM) – Kemenangan atas Swedia di laga perdana Grup D bukan hanya berarti penting bagi kans Ukraina di Euro 2012. Di sisi lain, hasil positif itu juga mengubah pandangan sebagian besar warga negara pimpinan presiden Viktor Yanukovych itu terhadap timnas mereka. Ya, banyak warga Ukraina mendadak menjadi penggemar Zhovto-Blakytni alias Tim Kuning-Biru. “Saya bukan penggila sepak bola. Tapi saya sudah berjanji akan memakai kaus timnas ke kantor jika kami menang,” kata Lesya, perempuan berusia 27 tahun, seperti dilansir timesofnews. Bukan hanya warga biasa, seperti dikabarkan AP, Perdana Menteri Ukraina, Mykola Azarov juga begitu antusias di laga-laga Andriy Shevchenko cs. Bahkan, Azarov tak malu harus bertaruh enam botol bir dengan salah seorang pendukung Swedia, Ola Sjostedt. Setelah Ukraina mengalahkan Swedia dengan skor 2-1 pada Selasa dinihari WIB (12/ 6), Azarov menerima enam botol bir Swedia dari Sjostedt. Azarov kemudian memuji bir tersebut dan menghadiahi Sjostedt kaos tradisional Ukraina. Dia juga berjanji akan mendukung Swedia saat tim itu berhadapan dengan Inggris pada laga kedua. Azarov juga menegaskan bahwa dirinya optimistis Ukraina akan bisa mengalahkan Prancis dalam laga pada Jumat (15/6). Dia bahkan mengaku siap bertaruh sebotol brandy Prancis. (*/ibn)

KIEV (BM) – Swedia yang berada di peringkat 16 FIFA memang bukan tim menojol di hadapan Inggris. Namun, selama 43 tahun terakhir, Inggris selalu gagal mengalahkan tim berjuluk Blaugult itu di partai resmi. Kans Inggris menekuk Swedia di Olimpiyskiy Stadium Jumat dinihari (Siaran Langsung RCTI 1.45 WIB), kian besar setelah tim besutan Erik Hamren dirund-

ung konflik internal. Sebagaimana dikabarkan Starsport, satu kubu berada di belakang, Zlatan Ibrahimovich, sedangkan kubu lain di belakang bek, Olof Mellberg. Usai kekalahan dari Ukraina Senin lalu, Ibra marah pada asisten pelatih Marcus Allback karena melihat ketidakpedulian ofisial tim. Sementara pelatih Erik Hamren malah mencap para pemain sebagai pengecut. Ibra sendiri duduk hampir sepanjang latihan Rabu (13/6) karena masalah kakinya. Namun, dia diperkirakan turun melawan Inggris. “Ada kekacauan total dalam markas. Hal ini tak sehat dan atmosfernya mengerikan. Persiapan melawan Inggris buruk dan ini akan menjadi kabar baik untuk Inggris,” ungkap sumber yang dekat dengan tim. “Para pelatih mencoba untuk mendamaikan para pemain dan menjadikan mereka berteman kembali, namun ini belum terjadi,” lanjutnya. Swedia yang kalah di laga pertama tentu butuh kemenangan demi menjaga kans lolos ke perempatfinal. Inggris juga wajib menang seiring hasil imbang 11 dengan Prancis.

“Hasil melawan Ukraina sudah memberi tekanan pada Swedia. Saya pikir kami harus memenangi laga kontra Inggris untuk bisa terus melaju. Menang atau tersingkir. Masih ada dua laga penentuan tersisa,” tutur gelandang veteran Swedia, Anders Svensson seperti dilansir Soccernet. Svensson juga tetap optimistis peluang menang timnya tetap besar. “Sebenarnya, Inggris punya nama besar dan pemain besar. Tapi kami hebat dan selevel dengan Inggris sejak lama,” sambungnya. Selama 43 tahun terakhir, Inggris memang tiga kali gagal mengalahkan Swedia di even resmi. Striker Inggris, Danny Welbeck mengisyaratkan bahwa timnya harus tampil menekan. “Sebagai tim kami ingin lebih maju dan mencetak lebih banyak gol. Dengan lebih banyak penyerang, maka banyak peluang gol tercipta sehingga memudahkan striker untuk mencetak gol,” tuturnya. Salah satu kelemahan Swedia adalah bola-bola atas. Dilihat dari tiga pertandingan, banyak gol bersarang dari tendangan sudut. Seperti saat melawan Rep. Ceko yang berakhir dengan skor 2-1, dua gol tercipta dari sundulan kepala Shevchenko. Ini membuat striker jangkung Andy Carroll berpeluang untuk tampil. (*/ibn)

LAWAN TIMPANG: Suasana Tim Swedia yang tak kondusif bisa memberikan keuntungan John Terry cs dalam pertandingan malam nanti.

FOTO: BM/DAYLIFE

FOTO: BM/DAYLIFE

MEMORI BURUK: Inggris pernah dibuat kecewa oleh wasit Damir Skomina (kanan) pada penyisihan Piala Dunia 2010.

Cemas Dipimpin Skomina KRAKOW (BM) – Keputusan UEFA menunjuk Damir Skomina memimpin laga melawan Swedia di Grup D membuat Inggris meradang. Pasukan Roy Hodgson cemas dengan performa pengadil asal Slovenia itu. Kekhawatiran The Three Lions didasari labilnya penampilan Skomina saat menangani klub atau timnas Inggris. Di Liga Champions musim ini, pelatih Arsenal, Arsene Wenger menuduh Skomina memberi tendangan bebas terlalu banyak bagi AC Milan. Wenger lalu menilai UEFA terlalu melindungi wasit saat melakukan kesalahan. Atas komentarnya, Wenger dihukum UEFA larangan mendampingi tim tiga kali. Skomina juga menciptakan kontroversi ketika bertugas di partai Inggris-Ukraina pada penyisihan Piala Dunia 2010, Oktober 2009. Dia memang benar memberikan penalti bagi Ukraina atas pelanggaran

kiper Robert Green di area terlarang. Namun, Skomina justru memberikan kartu merah bagi Rio Ferdinand. Saat itu, ofisial keempat terpaksa turun tangan dan membenarkan insiden salah identitas tersebut. “Saya heran mengapa Skomina bisa blunder seperti itu,” kata Fabio Capello, pelatih Inggris kala itu, seperti dilansir Guardian. Di Euro 2012, Skomina sudah memimpin satu laga, Denmark melawan Belanda di Grup B. Pada laga itu, kinerjanya turut disorot. Pelatih Belanda, Bert van Marwijk mempertanyakan sikap Skomina tidak memberi penalti bagi anak asuhnya. “Yang membuat kekalahan ini sulit diterima adalah insiden yang 100% penalti. Ini perampokan di siang hari,” ujar Van Marwijk. Dalam video rekaman memang menunjukkan bola beberapa kali menyentuh tangan pemain Denmark di area terlarang. (*/ibn)


PRAKIRAAN CUACA HARI INI

TELEPON PENTING SURABAYA: PMK Surabaya 031-3533843-44 Polda Jatim (031) 8280748 Polrestabes Sby (031) 3523927 Polres Tanjung Perak(031) 3293023

SIDOARJO

MALANG

HUJAN RINGAN

HUJAN RINGAN

SUHU : 25 - 30 °C KELEMBABAN : 55 - 90%

SUHU : 20 - 32 °C KELEMBABAN : 57- 94 %

GRESIK

HUJAN RINGAN SUHU : 26- 34 °C KELEMBABAN :56 -91%

www.kabarmetro.com

MOJOKERTO

HUJAN RINGAN SUHU : 25 - 30 °C KELEMBABAN : 55 - 90% Sumber: BMKG Indonesia

JUMAT, 15 JUNI 2012 PERISTIWA

TERUNGKAPNYA PEMALSUAN IJASAH PTS

Polda Selidiki Klien Sucipto FOTO:BM/IST

Bak bola salju, pengungkapan ijasah palsu yang melibatkan mantan dosen di PTS Surabaya memantik reaksi masyarakat luas, mulai praktisi pendidikan sampai anggota legislatif. Apalagi terungkap pemesan terbanyak merupakan pengajar dari tingkat sekolah dasar.  HALAMAN 15

PECAH: Pompa hydran yang pecah menggenangi sebagian ruangan di kompleks gubernuran Jatim.

Wartawan BM Diusir PT Adi Karya SURABAYA, (BM) –Akibat alat hidyran bocor, beberapa bagian Gedung Pemprov Jatim tergenang air. Sayang, upaya meliput peristiwa langka di komplek kantor gubernur itu justru mendapat tentangan dari kontraktor PT Ahi Karya. Padahal air yang menggenangi lantai I dan II Kamis (14/6) sekitar pukul 15.00 WIB itu membuat beberapa PNS, terutama di ruangan yang terkena, kerepotan mengungsikan berkas dan peralatan elektronik. Seperti di dua ruangan milik Biro Kesra Setdaprov Jatim (Bagian Sosial dan Bagian Ketenagakerjaan). Tampak air setinggi 5 cm menggenang. Sedangkan di lantai satu, air tampak menggenangi ruangan sekretariat pelaksana proyek renovasi dan ruang Staf Ahli Gubernur. Kabag Ketenagakerjaan Biro Kesra Setdaprov Jatim Sulastri mengaku kaget dengan kejadian mendadak itu. “Saya kaget Mas, pas lagi kerja di ruangan. Tahutahu air sudah menggenangi ruangan saya dan Pak Indra (Kabag Sosial Biro Kesra, red),” tuturnya.

FOTO:BM/PARLIN

DATANGI POLDA: Wakil Rektor III Unitomo Bachrul Amiq mendatangi ruangan Unit II Ditreskrimsus Polda Jatim, menanyakan perkembangan pemalsuan ijasah yang melibatkan mantan dosen universitas di Surabaya Timur itu.

Peringkat Nilai Ujian SD

Sidoarjo dan Mojokerto Sisihkan Surabaya SURABAYA, (BM) - Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, dan Kabupaten Sidoarjo menyisihkan Surabaya dalam peringkat nilai tertinggi ujian akhir sekolah berstandar nasional Sekolah Dasar se-Jawa Timur. “Ketiganya masuk ‘tiga besar’ untuk nilai tertinggi UASBN SD yakni Kota Mojokerto dengan nilai 25,93, Kabupaten Sidoarjo 25,78, dan Kabupaten Mojokerto 25,25,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur Harun, Kamis (14/6). Untuk tingkat MI, Kabupaten Sidoarjo meraih peringkat pertama dengan nilai 25,77, peringkat kedua diduduki Kota Madiun dengan nilai 25,38, lalu Kabupaten Mojokerto meraih peringkat FOTO:BM/MADJI ketiga dengan nilai 24,65. Terkait peringkat se- Baktiono kolah bernilai UASBN tertinggi, ia menjelaskan SDN Wajak Kidul Kabupaten Tulungagung berhasil menjadi peringkat pertama dengan nilai 29,17. “Untuk tingkat MI, sekolah peringkat pertama diraih oleh MI Nainul Ulum yang lagi-lagi berasal dari Kabupaten Mojokerto,” katanya. Namun, secara umum, prestasi rata-rata UASBN SD/MI se-Jatim meningkat, karena persentase siswa peraih nilai 7-9,5 mencapai 73,8 persen, padahal tahun lalu hanya 46 persen. “Alhamdulillah UASBN SD/MI di Jatim lulus 100 persen, bahkan prestasi tahun ini meningkat membuktikan bahwa pendidikan merata di 38 kabupaten/ kota,” katanya. Menurut mantan Kepala Disbudpar itu, pihaknya akan berupaya untuk meningkatkan kompetensi pendidikan yang tidak lagi hanya sebatas meningkatkan mutu siswa atau sekolah, melainkan juga sarana-prasarana pendidikan.  HALAMAN 15

 HALAMAN 15

PEMALSUAN ITATS

FOTO:BM/MADJI

FOTO:BM/IST

TIDAK TERIMA: Ari Saptono saat divonis di PN Surabaya, kemarin.

GEJOLAK: Masuknya PMA seperti PT Holcim ke daerah ternyata tidak berjalan mulus. Banyak penolakan akibat mengabaikan warga sekitar.

Ketua Yayasan Divonis 22 Bulan SURABAYA, (BM) – Ari Saptono terdakwa pemalsuan ijasah di Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS) divonis 22 bulan penjara oleh Hakim Ketua Unggul Ahmadi dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Kamis (14/6). Vonis berat terhadap Ketua Yayasan kampus teknologi itu dijatuhkan karena perannya sangat vital dalam meloloskan calon mahasiswa yang ingin segera lulus dari ITATS. Dalam sidang kemarin, Ari terbukti melanggar pasal 67 ayat (1) tahun 2007 tentang pengeluaran ijasah tanpa hak. Akibatnya, ia harus bertanggung jawab terhadap perbuatannya yang melanggar hukum.  HALAMAN 15

INDOSPRING

Sucipto

Lagi, Pembangunan Pelabuhan Holcim Didemo Warga

Dinas P & K Usul Pengetatan Verifikasi DINAS Pendidikan dan Kebudayaan Jatim berencana memberi usulan ke Kemendikbud untuk melakukan pengetatan verifikasi ijasah guru untuk sertifikasi, menyusul terungkapnya kasus pemalsuan ijasah. Sesuai hasil pemeriksaan awal, 62 persen ijasah palsu yang dibuat Sucipto adalah ijasah Akta 4 untuk profesi guru. Harun Kepala Dinas P & K Jatim mengakui selama ini untuk pengajuan sertifikasi oleh guru, tidak dilakukan verifikasi ketat terhadap ijasah yang

Harun FOTO-FOTO:BM/TOVAN BEKA/MADJI

disertakan. “Selama ini memang sistem verifikasinya sebatas legalisir dari kampus yang bersangkutan. Kita tidak meneliti kebenarannya ke kampus yang bersangkutan,”  HALAMAN 15 kata dia.

TUBAN, (BM) - Pembangunan pelabuhan khusus milik PT Holcim Indonesia di Desa Glondong Gedhe Kecamatan Tambakboyo, Tuban kembali menuai protes warga sekitar, Kamis (14/6). Sejumlah warga menilai proyek pembangunan pelabuhan ini menimbulkan dampak negatif bagi ekosistem laut. Karena itu, mereka menggelar unjuk rasa. Dalam aksinya, warga melakukan blokade terhadap akses utama proyek pembangunan pelabuhan di sebelah utara jalur Pantura Jl Raya Tuban-Semarang ini dengan membentangkan sejumlah spanduk penolakan.  HALAMAN 15

ITS Jazz, Komunitas Jazz Pertama Berbasis Kampus

Lahir dari Institusi Calon Insinyur FOTO:BM/KHOLIS

TEGANG: Penasihat hukum tersangka, Nur Fatah Syafii, usai mendampingi Paulina.

Paulina Diperiksa sebagai Tersangka GRESIK, (BM) - Manager Human Resouce Development (HRD) PT Indospring Tbk, Paulina Pradini menjalani pemeriksaan perdana sejak ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Gresik, Kamis (14/6). Di dampingi penasihat hukumnya, Nur Fatah Syafii dan Manajer Umum Dedy Kurniawan, Paulina dicecar 31 pertanyaan oleh penyidik dari Unit III Satreskrim Polres Gresik.  HALAMAN 15

Siapapun tahu bahwa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) adalah perguruan teknik. Namun, di kampus para insinyur itu telah lahir “ITS Jazz” yang merupakan komunitas jazz pertama yang berbasis kampus. SURABAYA, (BM) - Komunitas yang dibidani ratusan mahasiswa pecinta musik jazz itu merekonstruksi musik yang selama ini identik dengan kelas atas. Sebenarnya, komunitas itu sudah terbentuk sejak tahun 2011, namun karena kesibukan

yang menyita anggotanya, maka komunitas itu pun tidak bisa terkoordinasi dengan baik. Kendati begitu, keinginan kuat dari beberapa anggota untuk menghidupkan kembali komunitas itu akhirnya mendorong peluncuran komunitas itu secara resmi pada 16 Juni 2012. Saat ini, anggota yang tergabung dalam komunitas ini mencapai 300 orang yang berasal dari berbagai jurusan di ITS. “Untuk sementara ini, anggota komunitas ITS Jazz ini masih sebatas mahasiswa di lingkungan ITS. Ke depan mungkin akan kami kembangkan lagi,” ucap inisiator komunitas ITS Jazz, Pramudito Aji Wicaksono.

FOTO:BM/MADJI

HOBI: Sebagian anggota ITS Jazz yang mejeng usai berlatih

Dengan komunitas musik jazz itu, pria yang kerap disapa Dito itu ingin menepis anggapan bahwa jazz hanya dinikmati kalangan tertentu. “Kami ingin memasyarakatkan musik jazz di kalangan anak muda juga, khususnya mahasiswa ITS,” tutur cowok berkacamata itu. Intinya, tukas mahasiswa Teknik Kimia ITS semester 8 itu, misi utama untuk menghidupkan komunitas ITS Jazz adalah mengenalkan, mengapresiasi, dan mengedukasi anak muda tentang musik jazz dengan baik. “Misi itu akan memberi pilihan warna pada anak muda yang berminat terhadap dunia musik,” kilahnya.  HALAMAN 15


PERUBAHAN NAMA JALAN

Dinilai Menambah Beban APBD SURABAYA, (BM) - Rencana Pemkot Surabaya mengubah beberapa nama jalan menuai kritik wakil rakyat. Pertama, akan menyulitkan warga dan menambah beban biaya di APBD. “Kalau nama jalan diubah, bagaimana dengan alamat pada sertifikat tanah atau alamat di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bermotor. Kan harus diubah, masyarakat harus bayar lagi,” ujar wakil ketua Komisi B, Tri Setyo Purwito, (14/6). Kendala yang mungkin akan menghambat mulusnya perubahan nama akibat administrasi hukum seperti BPN dan Dispenda Jatim. Harapannya, masyarakat tidak ditarik biaya lagi akibat perubahan alamat karena nama jalan yang berganti. “Harusnya pembahasan ini juga melibatkan BPN dan Dispenda Jatim, pemkot harus mengupayakan agar pergantian alamat ini tidak ditarik pembiayaan oleh setidaknya dua instansi tersebut,” terang Tri yang juga ketua Pansus Perubahan Nama Jalan. Anggota Pansus Eddy Rusianto, justru mempertanyakan apakah Pemkot Surabaya sudah siap karena akan berdampak pada perubahan administrasi kependudukan. “Janji pemkot ini tidak berarti sama sekali. Kalau cuma administrasi kependudukan, bukankah memang sudah gratis. Lha kok dijanjikan bebas biaya,” kata Edy. Mengenai informasi dari Dinas Cipta karya dan tata Ruang (DKCTR) yang menyebut pihak warga yang jalannya diubah sudah bersedia menanggung biaya adminitrasi akibat perubahan tersebut, pansus menyatakan belum percaya. “Info DKCTR yang menyatakan masyarakat sudah bersedia, kita belum percaya. Besok (hari ini,red) akan kita lakukan sidak, kita akan tanya langsung kepada warga,” terangnya. Saat ini pemkot sedang mengajukan persetujuan DPRD untuk mengubah nama tiga jalan di kawasan Surabaya barat dengan nama baru jalan Kapitan Patimura. Sesuai usulan Komite Keluarga Persaudaraan Masyarakat Maluku Jawa Timur. (rw/epe)

MILITER

FOTO: BM/IST

Parade Taifib dalam acara peringatan HUT Marinir beberapa waktu lalu

Taifib Rekrut 30 Anggota Baru SURABAYA, (BM) - Sebanyak 30 orang prajurit resmi memperkuat satuan elit Korps Marinir, Intai Amfibi (Taifib), setelah menyelesaikan pendidikan khusus selama delapan bulan di Pusat Pendidikan Infantri Marinir Kobangdikal, Surabaya. Ke-30 prajurit Taifib itu resmi dikukuhkan saat penutupan Pendidikan Intai Amfibi angkatan ke38 di Lapangan Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar), Gunungsari, Surabaya, Kamis (14/ 6). Program pendidikan yang membuka jalan masuk ke Detasemen Jala Mengkara (Denjaka), pasukan elitnya TNI AL sebenarnya diikuti sebanyak 36 prajurit, tetapi enam orang dinyatakan tidak lulus dan tidak memenuhi kualifikasi sehingga dikembalikan ke kesatuannya. Sedangkan ke-30 prajurit yang lulus, untuk sementara dikembalikan ke kesatuan asalnya sambil menunggu penempatan ke kesatuan baru, yakni Batalyon Taifib-1 Marinir Surabaya dan Batalyon Taifib-2 Marinir di Jakarta. “Pendidikan Intai Amfibi bertujuan menyiapkan prajurit pilihan yang dapat melaksanakan tugas pengintaian dan penyelidikan dalam operasi amfibi dan operasi lainnya,” kata Komandan Kodikmar Kolonel (Mar) Hasanuddin, dalam amanat yang dibacakan Wakil Komandan Kodikmar Kolonel (Mar) Lasmono. Untuk menjadi anggota YonTaifib, calon diseleksi dari prajurit marinir yang memenuhi persyaratan mental, fisik, kesehatan, dan telah berdinas aktif minimal dua tahun. Salah satu program latihan bagi siswa pendidikan intai amfibi, adalah berenang dalam kondisi tangan dan kaki terikat, sejauh 3 km. (at/epe)

JUMAT, 15 JUNI 2012

10

METRO SURABAYA

H Rasyid: Waktunya terlalu mepet makanya kami belum bisa memberikan data yang diminta walikota.

Dekati Pedagang yang Jatuh Miskin

Makelar Buku Stan Berkeliaran Belum jelasnya rencana pembangunan Pasar Turi pasca terbakar lima tahun lalu, jadi sasaran empuk oknum tidak bertanggung jawab. Makelar buku stan mulai bergerilya dengan mencari pedagang yang jatuh miskin atau bangkrut. Tujuannya, membeli buku stan yang terbakar dengan harga murah.

SURABAYA, (BM) - Mereka berani membeli buku stan milik pedagang lama dengan harga bervariasi. Mulai dari Rp 30 sampai 80 juta. Pedagang yang kepepet menjual buku stan ini biasanya sudah tidak berkeinginan lagi berjualan. Apalagi dengan kondisi pembangunan yang masih belum pasti. Wakil Ketua Ketua Himpunan Pedagang Pasar Turi (HPP) H Rasyid mengungkapkan, sampai saat ini ada sekitar 500 buku stan yang dikuasai makelar dari pedagang yang tak mampu. Namun ada yang menduga langkah borong buku stan ini dilakukan PT Gala Mega Invesment (GMI), selaku investor pembangunan Pasar Turi. “Memang ada beberapa pihak yang menengarai hal itu dilakukan investor,” ujar H Rasyid, Kamis (14/6). Menurut H Rasyid, pihaknya tidak bisa berbuat banyak dengan kondisi ini. Apalagi data pedagang tak mampu belum diserahkan

kepada Walikota Surabaya. Padahal Walikota Tri Rismaharini hanya memberi waktu selama dua hari. Di satu sisi, banyak pedagang yang sudah tidak lagi berdomisili di Surabaya setelah sumber nafkahnya terbakar dan memilih tinggal di luar kota. “Waktunya terlalu mepet makanya kami belum bisa memberikan data yang diminta oleh bu walikota. Maka yang didata hanya pedagang yang di Tempat Penampungan Sementara (TPS) ada sekitar 175 pedagang,” jelasnya. Sementara saat disinggung apakah data pedagang yang akan diserahkan ke Walikota itu pedagang tak mampu, Rosyid mengatakan bukan seluruhnya tidak mampu. Sebab, sebagian besar dari mereka ini memiliki rumah, kulkas dan kendaraan bermotor. “Yang benar adalah pedagang pedagang ini belum siap membayar uang pendaftaran Rp 5 juta. Uang sebesar itu bisa dibuat modal kerja. Jadi uang harus terus diputar untuk menyambung hidup,” jelasnya. Lebih jauh, dirinya juga menjelaskan, pihaknya tidak tahu adanya bantuan kredit yang diberikan BPR Jatim. Sebab, yang dapat itu hanya kelompok pedagang Pasar Turi yang lain.”Kami juga berminat untuk mendapatkan kucuran kredit kalau memang benar ada,” ucapnya. Sedangkan Wakil Ketua Tim Pemulihan Pasca Kebakaran (TPPK) Pasar Turi, Jayadi Ali Shadikin membenarkan adanya ma-

FOTO: BM/TOVAN BEKA

KUMUH: Bekas Pasar Turi yang terbakar, masih dimanfaatkan sebagian pedagang lama yang bertahan untuk berjualan lagi menyusul tingginya nilai stan yang rencananya akan melibatkan investor PT GMI.

kelar buku stan. Bahkan ada sekitar 100 buku yang sudah beralih tangan. Miris lagi, pemodal besar, seperti yang didengar Jayadi, bisa membeli 300 buku sekaligus. “Kami tidak bisa melarang pedagang Pasar Turi menjual buku stannya ke pihak lain. Namun akibatnya banyak aksi borong buku stan ini akan merugikan pedagang lama,” tegas pedagang elektronik ini. Menurutnya, cara mencegah agar makelar buku stan ini agar tidak menguasai stan stategis, pihaknya

sudah melakukan koordinasi dengan PT Gala Megah Invesment, selaku investor Pasar Turi. Dimana, makelar buku stan ini saat pendaftaran harus dibedakan dengan pedagang Pasar Turi lama dengan buku stan atas namanya sendiri. Seperti diketahui, harga stan untuk pedagang lama dengan buku stan namanya dipatok harga lantai I Rp 21 juta per meter, lantai II Rp 25 juta, lantai III Rp 20 juta, lantai IV Rp 17. Sedangkan pemilik buku lama bukan atas namanya

Anggaran KONI Surabaya Rp 66 M Mandeg 42 Cabor Terancam Kolaps SURABAYA, (BM) – Anggaran KONI Surabaya tahun 2012 senilai Rp 66 miliar yang tak kunjung cair, mendapat sorotan legislatif. Akibat belum turun, 42 cabang olahraga (cabor) di bawah kendali KONI operasionalnya terancam. Ketua Komisi B DPRD Surabaya Moch Machmud mengatakan, anggaran yang menjadi hak cabor itu terancam tidak terserap lantaran sisa efektif tahun ini tinggal enam bulan lagi. Praktis, anggaran yang semula disediakan bakal mengerek jumlah sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) tahun ini. “Banyak pengurus cabor yang mengeluh. Termasuk saya yang diberi amanah sebagai ketua IPSI Surabaya,” kata mantan wartawan itu, Kamis (14/6). Menurut Machmud, tidak cairnya dana berefek domino bagi dunia olahraga di Surabaya. Bukan saja mandegnya pembinaan atlet, namun juga vakumnya ragam kegiatan olahraga. Padahal semua cabor punya agenda tahunan yang wajib digelar sebagai bagian pem-

binaan prestasi olahraga. “Termasuk saat peringatan Hari Jadi Surabaya ke-719, harusnya masing-masing cabor mengadakan even Piala Walikota,” sambung Machmud. Lebih jauh, dia mengaku sudah meminta klarifikasi ke Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Surabaya yang memegang anggaran KONI. Namun sejauh ini belum ada kepastian kapan anggaran itu dicairkan. “Katanya minggu depan, menunggu verifikasi anggaran dari KONI. Selalu itu jawabannya,” tukas politisi Partai Demokrat ini. Untuk itu, dirinya menengarai bila belum cairnya dana KONI merupakan imbas perseteruan antara Walikota Surabaya, Tri Rismaharina dengan wakilnya Bambang Dwi Hartono. Sebab sudah menjadi rahasia umum bila pengurus KONI kebanyakan adalah orang-orang pilihan penguasa kota sebelumnya, Walikota Bambang DH. “Anda tahu sendiri. Hubungan dua pemimpin kota kurang begitu harmonis. Satu persatu ketua cabor dipreteli Walikota Risma, diganti orang baru. Seperti Ketua ISSI (Ikatan Sepeda Sport Indonesia) Surabaya yang dulu dipegang Armuji, sekarang diganti Baktiono

(ketua Komisi D DPRD Surabaya),” bebernya. Sedangkan anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Surabaya Rusli Yusuf menambahkan, tak kunjung cairnya anggaran KONI Surabaya juga bakal berimbas ke prestasi kontingen Jatim di PON XVIII di Pekanbaru, September mendatang. Apalagi mayoritas kontingen atlet Jatim didominasi Surabaya. “Surabaya mendominasi kontingen PON Jatim. Tidak cairnya anggaran itu sedikit banyak pasti akan berpengaruh juga,” sesal Rusli. Terpisah, Kepala Dispora Sigit Sugiharsono berjanji anggaran akan cair dalam kurun waktu 2-3 hari sejak kemarin. Menurutnya, sejak beberapa hari lalu, walikota telah membuat disposisi pencairan. “Paling 2 atau 3 hari lagi. Yang membuat lama itu pengurus KONI dan Dispora sendiri banyak orang baru. Perlu penyesuaian standar anggaran,” jawab Sigit. Sigit janji pencairan untuk triwulan tiga dan seterusnya tak akan molor karena KONI maupun Dispora sudah paham pola pengajuan dan pertanggungjawabannya. “Triwulan pertama dan kedua siap dikucurkan,” jawabnya. (bmb/epe)

dikenakan harga jauh lebih dengan berkisar selisihnya Rp 20 juta per lantai. Dan juga biaya pendaftaran juga lebih mahal dibandingkan pedagang lama yang memiliki buku stan atas nama sendiri. Sementara rencana penyerahan data sebanyak 800 pedagang Pasar Turi yang tak mampu versi Himpunan Pedagang Pasar Turi, akhirnya molor. Padahal sesuai jadwal yang telah direncanakan seharusnya diserahkan kemarin, namun baru diserahkan Jumat hari ini. (bmb/epe)

Walikota Usulkan Ada Museum Bank SURABAYA, (BM) - Walikota Tri Rismaharini mengusulkan ada museum bank di Kota Pahlawan dengan cara memanfatkan bangunan cagar budaya gedung eks “De Javasche Bank Surabaya” yang terletak di Jalan Garuda No 1. “Suatu kota dinilai berbudaya jika dilihat dari banyaknya museum yang ada di kota tersebut,” kata Risma saat mengunjungi gedung eks “De Javasche Bank Surabaya”, Kamis (14/6). Pada kesempatan itu, Risma berterima kasih kepada Bank Indonesia (BI) yang sudah merawat gedung itu dengan baik. Bahkan pihak BI telah melakukan konservasi sejak 27 Januari 2012. Menurut dia, kunjungannya kali adalah sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap pelestarian bangunan bersejarah di kota Surabaya. Risma memberikan apresiasi kepada BI yang telah melakukan konservasi untuk menjaga kondisi bangunan dan mengembalikannya sesuai dengan bentuk aslinya. Risma mengatakan, sebenarnya Surabaya tidak kalah dengan daerah lain. “Kita bisa memanfaatkan gedung-gedung bersejarah tersebut yang masih dalam kondisi bagus menjadi lokasi wisata,” katanya. Untuk itu, Risma mengharapkan kepada BI agar bisa memanfaatkan gedung ini sebagai museum Bank di Surabaya. Pihak pemkot ingin menjadikan kota Surabaya sebagai kota jujukan wisata sejarah. Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan BI Surabaya, Hamid Ponco Wibowo mengatakan dengan selesainya konservasi Gedung De Javasche Bank Surabaya, dharapkan pemanfaatannya sebagai salah satu alternatif kegiatan memorabilia dan pameran UMKM non-permanen dapat terlaksana. Namun, tidak mengganggu fungsinya sebagai salah satu cagar budaya di kota Surabaya. “Gedung ini merupakan salah ‘track’ wisata heritage ‘House of Sampoerna’,” ujarnya. Jika menurut sejarah, kata dia, “De Javasche Bank” merupakan bank komersial terkemuka yang didirikan di Batavia pada tanggal 24 Januari 1828. Untuk kantor cabang Surabaya dibuka pada tanggal 14 September 1829. (at/epe)

Batasi Orientasi Pengelola

Pansus Tuntaskan Raperda Perusahaan Daerah KBS Dalam waktu dekat, salah satu ikon kota, Kebun Binatang Surabaya resmi menjadi perusahaan daerah. Meski berstatus plat merah, raperda produk legislatif bakal membatasi keinginan pengelola untuk menjadikan lokasi hiburan elit yang tidak bisa dinikmati warga dengan harga murah. SURABAYA, (BM) – Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) telah tuntas dilakukan Pansus PD KBS. Karenanya, dalam waktu dekat produk hukum itu akan segera diserahkan ke Badan Musyawarah (Banmus) untuk selanjutnya disahkan DPRD Surabaya. Ketua Pansus Raperda PD KBS M Machmud mengatakan, sesuai rencana akhir bulan Juni sudah disahkan. “Kami berharap 25 Juni mendatang sudah disahkan dalam rapat paripurna,” katanya. Menurut dia, setelah raperda tersebut disahkan dalam rapat paripurna maka selanjutnya akan diserahkan ke Gubernur

Jatim untuk dievaluasi. “Setelah dievaluasi, baru pemkot menindaklanjutinya untuk teknisnya,” katanya, Kamis (14/6). Machmud mengatakan mengenai pembentukan direksi Perusahaan Daerah (PD) KBS nantinya sepenuhnya kewenangan Pemkot Surabaya. “Pansus tugasnya hanya membahas Raperda KBS, soal siapa direksinya dan manajemennya itu kewenangan pemkot,” ujarnya. Hanya saja, lanjut dia, pihaknya meminta agar Pemkot Surabaya tetap mengedepankan tujuan dari dibentuknya PD KBS yakni berorientasi pada edukasi, rekreasi dan konservasi. “Tiga hal itu harus diperhatikan

FOTO: BM/TOVAN BEKA

USIL: Salah seorang pengunjung menampakkan ekspresi kaget ketika tiba-tiba digandeng orang utan, salah satu koleksi KBS di program pengunjung gratis dalam rangka Hari Jadi Surabaya ke-719.

oleh pemkot,” ujarnya. Pembatasan itu memang ditekankan untuk menjaga KBS sebagai tempat hiburan murah meriah yang bisa terjangkau semua lapisan masya-

rakat. Selain itu, dengan adanya raperda pemkot tidak bisa lagi menyerahkan pengelolaan pada pihak ketiga. Seperti wacana menjadikan KBS sebagai wahana rekreasi mahal yang

dioperasikan investor asing beberapa waktu lalu. Berbarengan dengan rencana mengAncolkan Pantai Kenjeran. Selama pembahasan raperda, tambah Machmud, pansus telah mengundang sejumlah pihak baik dari kalangan internal maupun ekseternal KBS seperti halnya pengurus lama KBS yang berkonflik seperti kubu Stany Soebakir dan Basuki. “Kami juga mengundang pengurus harian KBS sekarang yakni dipimpin Tony Semampau,” kata politisi Partai Demokrat tersebut. Selain dari internal, pihaknya juga mengundang pihak Pemkot Surabaya yang diwakili Dinas Pertanian, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), pakar dan sejumlah pihak-pihak yang berkompeten lainnya. “Kesimpulannya mereka semua benar. Tapi menurut saya tidak ada yang bener, yang benar KBS tidak

pernah defisit tapi menguntungkan. Sementara yang ada saat ini kebalikannya,” katanya. Menanggapi hal ini Kepala Bagian Hukum Pemkot Surabaya Maria Theresia Ekawati Rahayu menegaskan pemkot tetap menginginkan KBS dikelola BUMD atau perusahaan daerah (PD). Dirinya berasalan, jika KBS dipegang PT ada kelemahan dimana pemkot harus tunduk dengan UU PT. “Itu akan membuat pemkot tidak leluasa mengelola,” cetus Yayuk, demikian Maria Theresia kerap dipanggil. Sedangkan jika BUMD, lanjut perempuan yang biasa disapa Yayuk ini, pemkot memiliki wewenang lebih luas dalam mengelola KBS. Sebab dalam pembentukanya BUMD diatur dengan perda. Di sisi lain, jika dikelola PT, maka keuntungan akan masuk ke PT. Sementara jika BUMD maka

keuntungan tetap dikelola pemerintah daerah Dua tahun terakhir, KBS memang menjadi sorotan. Banyak koleksi hewan yang mati atau dalam kondisi kritis. Penyebabnya, ada yang menuding karena salah kelola dan lahan yang sudah tidak lagi representatif. Di sisi lain, konflik pengelolaan juga dituding sebagai penyebab sehingga perhatian pada koleksi binatang yang dimiliki minim. Padahal sebagai kebun binatang yang sudah berdiri sejak era Kolonial, KBS menjadi ikon wisata Surabaya. Jumlah pengunjung pun tidak sedikit. Terutama di hari-hari libur sekolah. Bahkan dalam peringatan Hari Jadi Surabaya ke-719 tahun, sempat masuk rekor MURI. Program satu hari gratis yang digagas pemkot mampu menyedot pengunjung lebih dari 130 ribu orang. (bmb/epe)


JUMAT, 15 JUNI 2012

11

HUKRIM

AKBP Iskandar: Peran masing-masing dalam aborsi akan dikembangkan penyidik. Yang jelas, dugaan kami ini sindikat.

Bapak Bejat Perkosa Anak Kandung Dilakukan Hingga Lima Kali SURABAYA, (BM) – Benar-benar bejat kelakuan bapak satu ini. Mengaku kesepian ditinggal istri menjadi TKW di Malaysia, Yunus Afandi (38) warga Kapas Madya Gang I, Surabaya tega memperkosa anak kandungnya sendiri sebut saja Maya (14) pelajar SMP. Kelakuan bejat Yunus dilakukan terhadap putinya itu dilakukannya itu berkali-kali dirumah mereka. “Korban setidaknya sudah dicabuli dan diperkosa sebanyak 5 kali,” kata Kompol Suhartono kepada wartawan, Kamis (14/62012). Kompol Suhartono menceritakan , kasus pemerkosaan itu berawal 10 Maret 2012 lalu. Yunus yang saat itu tidur satu kamar dengan korban, terangsang melihat tubuh putrinya yang bongsor. Karena saat itu kepalanya yang berat akibat alkohol yang diminum timbullah niat busuknya. Kuli bangunan tersebut kemudian menindih tubuh anak pertamanya itu. “Tersangka ini telah lima kali melakukan tindakan tidak terpuji dirumahnya. Terhitung sejak bulan Januri hingga April 2012 ini. Setiap kali selesai lakukan perbuatan seronoknya, tersangka selalu mengancam korban agar tidak melapor keorang lain atas perbuatannya itu,” paparnya

Kapolsek Tambaksari menambahkan bahwa tersangka telah lima kali melakukan tindakan kotornya itu terhadap Maya. Terhitung dua kali tersangka melakukannya dengan menggunakan tangan, dan tiga kali menggunakan kelaminnya. Kasus ini mencuat ketika salah seorang tetangga korban yang melintas didepan rumah tersangka mendengar ada keributan .Dalam cekcok tersebut tetangga korban mendengar kalau Maya menolak melayani hubungan dengan bapaknya karena sedang menstruasi “Tetangganya mendengar kalau Yunus marah-marah karena anaknya menolak hubungan seks,” tandas Suhartono. Dihadapan petugas Yunus mengatakan bahwa dirinya tak mampu menahan hawa nafsu karena tidak mendapat pelayanan yang baik dari istrinya sejak tahun 2004 lalu karena ditinggal kerja menjadi TKW oleh isterinya “Semua saya lakukan ketika saya mabuk karena tidak dapat jatah dari istri saya,” ujar Yunus. Atas perbuatanya tersangka harus meringkuk di sel tahanan Polsek Tambaksari dan dijerat dengan Pasal 81 KUHP tentang perlindungan anak, ancaman minimal 7 tahun kurungan penjara. (arn/ami)

FOTO: BM/ARN

BEJAT: Yunus tersangka pemerkosaan terhadap anak kandungnya saat di keler di Polsek Tambaksari untuk mempertanggung jawabkan perbuatan bejatnya.

FOTO: BM/ARN

PRAKTEK ABORSI: Erwin ( kaos hitam) beserta beberapa orang yang diduga membantunya melakukan aborsi. Polisi menunjukkan beberapa barang bukti yang dijadikan alat praktek aborsi.

Praktek Aborsi, Putra Dr. Edward Ditangkap

KEDIRI, (BM) – Jajaran petugas Kepolisian Resor Kediri Kota menahan seorang oknum pegawai negeri sipil (PNS) dari Kabupaten Kediri karena ketahuan sedang mengonsumsi narkotika jenis sabu-sabu. Kini mereka harus mendekam di dalam sel tahanan. Kepala Polres Kediri Kota AKBP Ratno Kuncoro mengemukakan penangkapan pelaku berawal dari laporan masyarakat. Petugas mengikutinya cukup lama sampai akhirnya berhasil menahannya dengan barang bukti itu saat pesta. Kamis (14/6). “Pelaku kami tahan dengan barang bukti. Kami sudah lama melakukan penyelidikan,” katanya mengungkapkan. Tersangka yang berstatus PNS adalah Drs. Eka AP (45), warga Perum Candra Kirana Blok V Kelurahan Bandar Lor, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri sedangkan tersangka yang diduga sebagai penyuplai sabu-sabu adalah Lenni (34) ibu rumah tangga asal Perumahan Mojoroto Indah Blok A Perumahan Mojoroto.

Tabung Elpiji Meledak, Tiga Warga Gresik Terbakar GRESIK, (BM) - Tabung elpiji ukuran 3 kilo makan korban lagi. Kali ini korbannya tiga orang. Dua orang perempuan Mustana (65) dan Ernawati(21), dan Sukandar (70) warga Jalan Martadinata RT 6, RW 3 Kelurahan Lumpur, Kecamatan Gresik. Kamis (14/6) Akiba dari ledakan itu Mustana dan Ernawati turut menjadi korban, tubuhnya terbakar dan saat ini masih dirawat di RSUD Ibnu Sina Gresik. Kondisi paling parah dialami Sukandar, sekujur tubuhnya terbakar hingga ia harus mendapatkan perawatan secara intensif. Selain mengakibatkan satu keluarga luka parah. Ledakan tabung elpiji tersebut juga menyebabkan rumah korban berantakan. Dari kesaksian tetangga korban Abdul rahman, peristiwa tersebut terjadi puklul 02.00 dinihari, saat korban Sukandar dibantu anak dan istrnya sedang masak nasi untuk dijual di warungnya dengan menggunakan dua kompor gas dan 3 tabung elpiji ukuran 3 kilo. Namun, ketika saat asyik memasak salah satu tabung gas meledak, dan api menyambar serta membakar ketiga korban itu,” Saya kaget mendengar ada letusan yang begitu keras,” kata Abdul Rahman Kerasnya ledakan kompor elpiji membuat warga kampung berhamburan keluar rumah dan berusaha menyelamatkan korban. Kapolsekta Gresik AKP Mulyono mengatakan, terkait adanya ledakan tabung elpiji yang menyebabkan korban. Anggotanya sudah turun ke lapangan dan masih melakukan olah TKP.”Kami masih memeriksa rumah korban dan mengumpulkan barang bukti apa yang menjadi penyebab utama ledakan tabung elpiji,” ujarnya (kho/ami)

CURANMOR

Pernah Bantu Bapaknya Lakukan Aborsi Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Begitulah istilah yang tepat untuk Erwin Widiarto (40) warga Dukuh Kupang Timur VI Surabaya. Putra kandung dari dr. Edward Armando tersangka kasus aborsi ini ditangkap oleh polisi karena meneruskan praktek aborsi bapaknya. SURABAYA, (BM) – Erwin digerebek oleh petugas Reserse Narkoba Polrestabes Surabaya ditempat tinggalnya di Perumahan Krian Regency, Sidoarjo, Kamis (14/6). Penggrebekan yang bermula dari laporan warga adanya pemakian narkotika ini ternyata justru menemukan praktek aborsi. Na-

mun, karena lokasi penggerebekan berada di wilayah Polres Sidoarjo, maka petugas Polrestabes melimpahkan kasus tersebut ke Polres terkait. “Memang kami sudah limpahkan tersangka beserta barang bukti ke pihak berwenang, semua sudah aman.” Jelas Kasat Narkoba AKBP Iskandar. Dalam penggerebekan tersebut polisi juga mengamankan empat orang yang diduga sebagai kaki tangan dari Erwin. Mereka adalah Retnowati (47), warga Bogangin I, Suparno (48) wwarga Simogunung Kramat Timur; Sri Sulistyaningsih (26), warga Jl. Wonorejo IV serta Suharno (41), beralamat di Jl. Putat jaya C timur VI. “Peran masing-masing dalam aborsi akan dikembangkan penyidik sana (Polres Sidoarjo). Yang jelas, dugaan kami, beberapa sindikat ini

ada yang berperan sebagai orang yang mencari klien, wanita yang ingin aborsi,” terang Iskandar pula. Dugaan polisi ini diperkuat dengan alamat Suharno yang tinggal di Putat Jaya dan dekat dengan lokalisasi. Dimungkinkan Suharno yang mencari mangsa diantara para PSK. “Memang ada dugaan ke sana. Tapi lebih jelasnya, tentu akan dikembangkan penyidik setempat,” papar Iskandar Saat penggerebekan, petugas mengamankan sejumlah perlengkapan aborsi berupa satu tempat tidur, satu set peralatan aborsi, alat scalkin, plester, botol cairan infus dan beberapa jenis obat sebagai penunjang kegiatan haram tersebut. “Sementara ini, kami menjeratnya dengan pasal 194 Undang undang RI nomor 38 tahun 2009 tentang Kesehatan,” tandas Iskandar. (arn/ami)

Asyik Nyabu, Oknum PNS Kediri Ditangkap Disuplai Narkoba oleh Tetangga Rumah

KEBAKARAN

Kedua tersangka ditangkap dari rumahnya masing-masing. Dari tangan keduanya, polisi mengamankan barang bukti, enam paket sabusabu dengan berat 0,15 gram yang terbungkus plastik klip dengan total 1,3 gram, sebuah buah timbangan dan seperangkat alat hisap. “Setelah melakukan penyelidikan dua penyalah guna terdiri dari pengguna dan pengedar narkoba dimana, satu diantaranya oknum PNS Pemkab Kediri. Tersangka mengaku sedang frustasi karena persoalan keluarga. Satu lainnya seorang ibu rumah tangga sekaligus pengedar sabu,” ungkap AKBP Ratno Kuncoro pula. Dihadapan penyidik Eka mengaku bahwa dirinya baru mengenal sabu-sabu. Itupun karena dia sedang depresi. Sabu-sabu dia beli seharga Rp 400 ribu. ”Tiga bulan ini saya sedang frustasi. Istri saya pergi membawa anak-anak. Rumah tangga sudah tidak bisa dipertahankan lagi. Saat ini sedang dalam pengurusan perceraian. Selama saya ditinggal, saya bingung dan frustasi. Akhirnya mengkonsumsi sabu,” ucapnya. Sedangkan tersangka lainnya yaitu Lenny membantah disebut sebagai pengedar. Ba-

FOTO: BM/AKA

NYABU: Drs. Eka oknum PNS Kediri tersangka narkoba jenis sabu-sabu saat digelandnag oleh petugas sesaat setelah ditangkap di rumahnya bersama Lenny tetangganya.

rang bukti timbangan yang diamankan petugas, diakui untuk menimbah bahan pembuat kue cake. Lenny mengaku, mengkonsumsi sabu untuk menambah stamina. “Bukan, itu bukan untuk nimbang sabu-sabu, tapi timbangan untuk membuat roti cake,

Saya bukan pengedar kok” dalihnya. Akibat perbuatannya, mereka akan dijerat dengan Pasal 112 dan Pasal 114 UndangUndang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara. (aka/ami)

FOTO: BM/SUPARDI

DITANGKAP: Joko tersangka spesialis ranmor saat digelandang di kantor Polres Pasuruan. Joko di borgol pakai tali raffia karena satuan unit buser tidak siap borgol.

Spesialis Ranmor Antar Kota Ditangkap PASURUAN, (BM) - Seorang spesialis pencurian kendaraan bermotor (curanmor) antar kota berhasil diringkus petugas Buser Polres Pasuruan, setelah lama bersembunyi di Bali. Tersangka bernama Joko Mulyono (29) ini adalah warga Desa Pucangsari, Kecamatan Purwodadi. Tersangka bernama Joko Mulyono, warga asal Desa Tejowangi Kecamatan Purwosari tak bisa berkutik saat petugas menjemputnya di rumah mertuanya Desa Tejowangi, Kecamatan Purwosari. Saat di tangkap tangan pelaku diikat kebelakang dengan mengunakan tali raffia karena petuag tidak siap dengan borgol. Polisi pun langsung memasukkan Joko Mulyono ke dalam mobil dan menggelandangnya ke Mapolres Pasuruan, untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. Usai disidik, tersangka langsung dijebloskan ke dalam ruang tahanan. Dari catatan polisi pelaku merupakan spesialis ranmor yang biasa beroperasi di beberapa titik rawan seperti Desa Tejowangi, Beujeng, Gempol, jalan arah Tretes dan Sukorejo . Bahkan, beberapa bulan lalu pelaku nekad mencuri motor Honda Mega Pro milik Wahyu Syaiful (30), warga Desa Bulusari, Kecamatan Gempol bersama Hendrik (25) rekan tersangka yang telah tertangkap lebih dulu. Dihadapan petugas Joko mengaku mengambil motor tetangganya itu dengan alasan bahwa kunci kontaknya masih menancap. “ saat itu saya sedang jalan jalan bersama teman. Ada motor di parkir dan kontak masih kantil (lengket-red) dan tidak ada orangnya. Ada kesempatan langsung saya pakai dan motor saya taruh rumah.” Kata Joko Kanit buser Polres Pasuruan IPTU Riyanto mengatakanbahwa tersangka dalam setiap aksinya selalu menggunakan kunci T. Sasarannya adalah sepeda motor yang terparkir baik di luar dan di dalam rumah, “modusnya mencongkel dengan kunci t bukan hanya di pasuruan tapi juga di malang.” Kata IPTU Riyanto. (par/ami)

Kasus Pemuda Bali yang Mengaku Sebagai Anggota TNI

Tak Lulus Tes, Nekat Jadi Anggota TNI Gadungan Jajaran petugas Kepolisian Resor Kota Blitar, Jawa Timur, membekuk seorang pemuda yang mengaku sebagai anggota TNI atau anggota TNI gadungan. BLITAR, (BM) - Wakil Kepala Polresta Blitar Kompol Agus Widodo, di Blitar, mengemukakan anggota TNI gadungan itu bernama Hari Prasetyo (32) warga asal Jembrana, Bali. Kamis (14/6) "Pelaku mengaku sebagai anggota Batalyon 511 Blitar, dari Kodam Brawijaya, serta dari Kodam Diponegoro. Kami cu-

riga, setelah ada laporan dari warga, maka kami langsung menindaklanjutinya," ucapnya. Ia mengatakan, laporan itu berawal dari kecurigaan warga. Saat itu, pelaku sedang membeli pulsa di sebuah toko telepon seluler dan mengaku sebagai anggota TNI dari Batalyon 511 Blitar. Tidak yakin, akhirnya hal itu dilaporkan petugas. Tidak begitu lama, petugas datang dan langsung membawanya untuk diinterogasi. Ia dicurigai, karena penampilan dan identitasnya yang kurang meyakinkan. Dari pemeriksaan pelaku, ternyata didapat beberapa ba-

FOTO: BM/ANT

GADUNGAN: Hari Prasetyo tentara gadungan saat ditangkap olej polres Blitar. Tersangka ditangkap saat membeli pulsa.

rang yang mencurigakan, di antaranya pistol mainan serta ransel besar dengan motif loreng, mirip tas milik TNI. Di dalam tas itu, juga ditemukan buku tentang pendidikan agama. Seluruh barangbarang itu disita petugas untuk dijadikan barang bukti. Kepada petugas, pelaku mengaku nekat melakukan perbuatan tersebut. Ia dulu pernah mengikuti program untuk pendidikan TNI di Bali, namun akhirnya gagal. Ia sangat ingin menjadi anggota TNI dan itu adalah citacitanya, sehingga ketika ia keluar kota, ia menggunakan atribut itu.

Ia pun merasa bangga dan gagah menggunakan atribut tersebut. Namun ia juga mengaku tidak kesulitan untuk mendapatkan perlengkapan anggota TNI. Senjata berupa pistol mainan itu dibelinya saat di Yogyakarta, sementara untuk ransel tersebut diberi oleh temannya yang juga anggota TNI. "Saya pernah ikut pendidikan tapi gagal. Kalau untuk mendapatkan atribut, saya diberi teman dan sebagian saya beli," ucapnya dengan tanpa bersalah. Saat ini, ia masih menjalani pemeriksaan intensif di Polresta Blitar. Polisi masih mendalami kemungkinan pelaku

ini terlibat dalam jaringan teroris, karena ditemukan buku pengetahuan tentang agama di ransel yang dibawanya. Polisi juga mengusut, jika pelaku sengaja menggunakan atribut itu untuk melakukan tindakan yang merugikan orang lain. "Sebab, di wilayah Blitar banyak yang menjadi korban dari orang yang mengaku anggota TNI " kata Kompol Agus Widodo Untuk saat ini, polisi menjerat pelaku dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1951 tentang Senjata Tajam dengan ancaman hukuman selama 15 tahun penjara. (ant/ami)


KEUNIKAN

JUMAT, 15 JUNI 2012

Pisang Berontong Sembilan Gegerkan Warga Sidoarjo

12

SIDOARJO, (BM) – Ontong atau bunga pohon pisang yang tumbuh di desa Kedung Turi Sidoarjo terlihat sangat bila dilihat dari bentuk dan cara tumbuhnya. Ontong pisang yang ada tumbuh jadi sembilan buah di satu pohonnya. Masyarakat sekitar menganggap Pisang Berontong Sembilan itu bisa mendatangkan rejeki. Keanehan pohon pisang tersebut diketahui Supriadi seorang penjaga makam saat hendak mencari ikan di sungai yang berada di samping lokasi pemakaman. Namun, sejak satu bulan terakhir, bagian buah pohon pisang ini terus mengalami perubahan bentuk. Selain jumlah jantungnya sembilan buah juga muncul kelopak menyerupai bentuk kipas. “Ketahuannya kalau ada keganjilan di pohon pisang itu, saat mencari ikan, awalnya tumbuh satu, namun dua jam kemudian tumbuh menjadi dua. pada saat tumbuh dua dalam waktu satu hari itu membuat saya penasaran akhirnya saya tunggui terus dibawah pohon tersebut, namun lama kelamaan bunga ontongnya tumbuh lagi dan seterusnya hingga akhirnya sampai sembilan buah ontong itu,” ujarnya Kamis (14/6). Masih menurut Supriadi , penemuan pohonpisang unik ini sebenarnya telah dilihatnya didalam mimpi. Dalam mimpi tersebut dirinya benar-benar jelas melihat pohon pisang dengan jantung yang seperti kipas. “ Satu minggu dari mimpi itu saya melihat langsung dan mirip dengan mimpi saya “ tukasnya Kini pohon pisang yang tumbuh besar di area pemakaman umum tersebut, ramai dikunjungi warga yang penasaran dnegan bentuk buah pisang yang mereka anggap aneh dan unik itu (edw/dea)

JAWA

Suminto (Korlap): Kita periksa semua mobil yang melintas, jika ada pegawai dari PT Tripatra harus kembali lagi.

Tidak Dapat Jatah Kerja, Pegawai PT Tripartra Disweeping Warga Warga Desa Mojodelik Bojonegoro Cegat Pekerja Karena dianggap tidak mendapat tempat untuk menjadi karyawan PT Tripatra yang menjadi kontraktor pembangunan fasilitas produksi minyak Blok Cepu di Bojonegoro, puluhan warga Desa Mojodelik Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro melakukan aksi unjuk rasa dengan cara memeriksa mobil yang lewat di jalan menuju pengerjaan proyek migas di well Pad A dan C, Desa Gayam Kecamatan Ngasem Bojonegoro. BOJONEGORO (BM) – Warga mencegat mobil dan meminta mereka balik kanan kepada pegawai PT Tripatra. Aksi sweeping itu dilakukan dijalan menuju proyek yang berjarak sekitar 200 meter. “Kita periksa semua mobil yang melintas, jika ada pegawai dari PT Tripatra harus kembali lagi,” kata koordinator aksi, Suminto, Warga Desa Mojodelik Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro, Kamis (14/06).

Aksi sweeping itu menurutnya dilakukan untuk meminta keterlibatan sebagai tenaga kerja lokal. Sebab hingga kini masyarakat Desa Mojodelik baru sekitar belasan orang yang diangkat sebagai tenaga kerja. “Ada 2.000 KK, tapi baru sekitar 15 orang yang direkrut jadi tenaga kerja,padahalmereka membuka lowongan kerja dan membutuhkan 400 tenaga kerja” tambahnya. Seperti diketahui, aksi sweeping

itu dilakukan mulai pukul 08.00 wib, sampai batas waktu yang tidak bisa ditentukan. “Aksi ini akan berakhir sampai ada penyelesaian internal antara PT Tri Patra dengan Kepala Desa Mojodelik, Sandoyo,” jelasnya. Namun sejumlah aksi itu tidak menyebutkan masalah internal yang dimaksud ketika ditanya dilokasi. Mereka meminta agar awak media langsung bertanya kepada Kepala Desanya. “Lebih jelasnya langsung tanya kepada kepala desa saja mas,” suruhnya. Terpisah, Humas PT Tripatra Budi Karyawan mengatakan, jika permasalahan ini tidak bisa diselesaikan secara langsung. Sehingga pihaknya sore nanti akan melakukan pertemuan langsung kepada sembilan kepala desa sekitar proyek migas Banyuurip Blok Cepu di Desa Gayam Kecamatan Ngasem Bojonegoro. “Mereka intinya meminta keterlibatan tenaga kerja,” pungkasnya. (ren/ami)

FOTO: BM/REN

SWEEPING: Beberapa pekerja PT Tripatra hanya bisa menunggu setelah disweeping oleh warga desa Mojodelik Bojonegoro.

Upacara Tradisional Adat Larung Sembonyo Trenggalek

Wajib Dilakukan Jika Tidak Ingin Mendapat Musibah Mitos masyarakat teluk Prigi tentang pembuatan kawasan teluk Prigi merupakan asal usul adanya upacara Larung Sembonyo. Masyarakat Prigi hampir seluruhnya beragama Islam, namun mereka merasa kurang tentram hidupnya bila meninggalkan tradisi dan upacara Sembonyo yang diyakini untuk menjaga keseimbangan dengan alam sekitarnya serta alam semesta. Upacara Sembonyo dilakukan setiap bulan Selo, hari senin Kliwon setiap tahun. TRENGGALEK (BM) - Pelaksanaannya dilakukan oleh masyara-

Trm kost vip ac/Non AC Km Dlm Manyar Sambongan 111B 70442255/ 087851303132 -------------------------------------------130312

Kost 77 baru jl.raya pakis PrkrMbl,Laundry : 70755500/ 5319952

Ac,

-------------------------------------------130312

Dikontrakkan rmh daerah Jl.Gubeng Kertajaya 7c/45 (strategis Dkt.Indomaret) cocok.utk.usaha Hub: 72122575 -------------------------------------------200112

DIKONTRAKKAN RMH Jl.Kalibutuh 3Kmr Tidur 2Kmd Ls.Bang.250M2 087854974639 -------------------------------------------200112

DIKONT RMH Jojoran IIIC/33 1RT 3KT Cpt Murah Hub: 082142006807 ---------------------------------------------200112

KOST HR/Bln P/W Ac/Non FasLkp BgnBr Aman KmDlm KupangPanjaan IV/73 70510081 -------------------------------------------200112

KOST PUTRI BUJANG FasLkp(NonAc) Margodadi I/78 (Strategis dktPGS,Blauran) T.70044421 -------------------------------------------200112

J.RMH Mulyosari Utr 9/58 Lt200 Lb300 7Kt 3Km Garasi Hub.70533333-70993840 -------------------------------------------200112

J.RMH CPT Uk8x25 3Lt H650 Nego Jl.Pandegiling Gang Tugu No.21 08563190022 -------------------------------------------200112

J.CPT TANAH 5X17 Tmr Kampus UPN 200M Dr Jl.Ry 50JtNg 70344121/085645110280 -------------------------------------------200112

DJL TNH 147m2 jl.pulo wonokromo wetan IV/6 jagir 105jt hub.085755424603 -------------------------------------------200112

J.TANAH Uk:4x12 Ptk.D Lok:Kedinding Lor Gg. Blimbimng Dkt Suramadu H:3768528 Bu.Lilik Kedinding Lor Gg.Kenongo No.6 -------------------------------------------200112

J.KAVLING U/Ruko Uk: 3,75x18m & U/ Rmh Uk: 6x15m SHM Hrg: Rp.40Jt Jl.Sumber Rejo I Benowo T.081216928717 / 77000617 -------------------------------------------200112

kat nelayan dan petani berkaitan dengan mata pencaharian sebagai nelayan, petani serta merupakan sarana unutuk menghormati leluhurnya yang berjasa dalam membuka kawasan teluk Prigi. Mereka tidak ingin melupakan jasa Tumenggung Yudo Negoro sebagai pahlawan sekaligus sebagai pendiri desa Tawang, Tasikmadu. Jika mereka melalaikan takut ada gangguan, sulit dalam penanngkapan ikan, panen pertanian gagal, timbul wabah, bencana alam dan sebagainya. Larung sembonyo dilaksanakan di Teluk Prigi, Desa Tasik madu atau Karanggongso Kec. Watulimo. Upacara adat atau upacara tradisional lainnya yang tempat pelaksananaannya didesa Tasik madu, Prigi, Margomulyo, Karanggandu, dan Karanggongsoitu disebut dengan berbagai istilah: sedekah laut, larung Sembonyo, upacara adat Sembonyo,

CV.TOP Svc AC, KULKAS, M.CUCI 7177784 Cuci30 Freon50 Bkr/Psg100 J.B AC Bks -------------------------------------------130312

RAJA AC/KULKAS78405999 Svc30 Freon50 B.Psg100 J/B Acbks SglMerk08573308355 -------------------------------------------130312

CENTRA AC/KULKAS 71043443 Cuci30, Freon 50, Pasang 100 (Garansi) -------------------------------------------130312

ANTENA TV Digital20CH+Psf70Rb Sedia Brecket LCD,Tdk Bgs U Kmbl 70654448 Jump -------------------------------------------130312

SERVIS DATANG CPU Printer Laptop LAN Virus Monitor Warnet CCTV 03170444333 -------------------------------------------130312

DJL P4 Lkp 800Rb;P3 Lkp 500Rb;Core 2Duo Lkp 3Jt 081321550005/03170418967 -------------------------------------------130312

J.PROG KASIR ADMIN STOK/HUTPIUT/RugiLaba mulai 800rb 77107122/081703313512 -------------------------------------------130312

DIBELI DGN HARGA TERTINGGI Laptop/ Komp/Mon/LCD/HD/Dll 31204678 / 77626600 -------------------------------------------130312

TERIMA LAPTOP HARGA TINGGI Hub 81658899 / 082139378000 -------------------------------------------130312

OBRAL TV TOSHIBA 34" Lyr Dtr (1,1) To s h i b a 2 9 " ( 7 0 0 ) S ony 2 9 " ( 7 5 0 ) J V C 21"(400)L.Es LG 2Pt Nofroz(750)Sharp 1Pt(500)M.Cuci Sharp 2Lb 7Kg(400) 5023828 -------------------------------------------130312

PRBL Bbs Iuran 350CH+CHTV Berlangganan Rp. 1,5 Jt Bs Paraler Hub.081-23013138 -------------------------------------------130312

“GLOBAL” UD=500,CV=800,PT=4,5Jt HO+UKL/ UPL,SIUJK, Pjk Perushn 03133325005 **SMILE** PT CV UD PKP NPWP,PASPOR, SIUP,TDP,KITAS 03181690050/ 085730442822 -------------------------------------------130312

A N G K U T A N P I N D A H A N Rumah, Kantor&Pabrik Dlm/Luar Kota 081230233744-70740990 -------------------------------------------130312

PLTHAN KOMPTR Pmrogrmn,Desain&Multimedia TrmJasa Dispro Mcm 2 Prod 2D/3D Info Lngkp www.care-mart.com 081217595529 -------------------------------------------130312

Dibutuhkan Karyawan/ Karyawati Max 45, Jl. Salem 103 Bangil. Hub. 085335555090 -------------------------------------------240112

SESAJI: Gunungan tumpeng yang siap dilarungkan. Dalam acara ini juga dilengkapi dengan sesaji seperti halnya upacara perkawinan.

FOTO: BM/ANTARA

Mbucal Sembonyo, bersih laut. Sembonyo sebenarnya nama mempelai tiruan berupa boneka kecil dari tepung beras ketan, dibentuk seperti layaknya sepasang mempelai yang se-

dang bersanding. Duduk diatas perahu lengkap dengan peralatan satang, yaitu alat unutuk menjalankan dan mengemudikan perahu. Penggambaran mempelai tiruan yang bersanding di-

atas perahu ini dilengkapi pula dengan sepasang mempelai tiruan terbuat dari ares atau galih batang pisang, diberi hiasan bunga kenangadan melati, lecari. Karena sembonyo mengambarkan mempelai, maka perlengkapan upacara adat sembonyo juga dilengkapi dengan asahan atau sesaji serta perlengkapan lain seperti halnya upacara perkawinan tradisional jawa. Tiruan mempelai yang disebut Sembonyo itu berkaitan dengan mitos setempat mengenai terjadinya tradisi larung sembonyo. Tradisi ini bermula dari suatu peristiwa yang dianggap pernah terjadi , yaitu perkawinan antar Raden Nganten Gambar Inten, dengan Raden Tumenggung Kadipaten Andong Biru. Raden Nganten Gambar Inten juga terkenal dengan nama raden Nganten Tengahan. Perkawinan itu dilaksanakan sebagai syarat keberhasilan Raden Tumenggung Andong Biru Atau Raden

DI JUAL MOBIL Di Jual Cepat! Zebra STW ’90.Kondisi Istimewa, Body Mulus, Mesin Halus, Pajak Panjang, Velg Racing, Radio Tape, Aki Basah.Harga : Rp. 17 Juta Nego Alamat : Ngelom Megare 499, Taman - Sepanjang.Telp. 031-917-69-689

VARIO’2007 Siap Pakai Hub:Jagir Sidomukti Lebar 67 72581260-081332883117

-------------------------------------------150612

REVO’07 CW TGN1 (L) Jual Cepat 08563231367 Tidak SMS

XENIA’09Li SPORTY KM17rb merah, Tgn1 Istmw Terawat cat ori;Kedungdoro 92F -------------------------------------------130312

XENIA Xi Delux’09 VVTi Silver IstwTgn1 119Jt 61000073 CentraPark E-7Wiguna -------------------------------------------130312

XENIA Li DLX+’08 Tgn I Ac,T,Pw,Ps,Cl,F.Lamp 081230525526 -------------------------------------------130312

GRANMAX SprIstmw FulAudio 2008 Hitam Tgn1 H:PondokJati AJ-12A 085732989922 -------------------------------------------130312

TARUNA CX’99 Silver Istw Hrg 83jt Nego Pajak Baru Hub:78366285/08123136285 -------------------------------------------130312

BMW 318i ‘2001 Hitam Istimewa Jok Kulit VR20 Taman Pinang BB 4/14-08123562100 -------------------------------------------240112

Heboh Awal Tahun Xenia a Dp12/@2,5 M Fam Dp13/@2,6;R Dp14jt@2,7;R Fam Dp2,9;TS+dp20/ @3;TXdp23/@3,3;MB12dp20/@2,1 ada Bns&Ready H:70460919-78454698 L.Kota ok -------------------------------------------240112

XENIA Li SPORTY’08+09(Hitam)Li Plus’09+Xi Family’09(Merah)TDP20jtan @3jtan Raung 57 PPLegi T:81253036 TT/Krd -------------------------------------------240112

LUXIO M’09 Silver Pajak Panjang Tg1 118jt Jl.Kenjeran 361 H:3822888 Bisa Kredit -------------------------------------------240112

CRV’00 A/T Silver+Accord VTiL’00 Biru+New City’06 Silver Manual+Cielo’98 M/T Silver. All Istmwa Bs Kredit. Pahlawan 15 Sda-8928189 -------------------------------------------240112

HONDA JAZZ IDSI A/T’07 Istimewa Tgnl Km59Rb Hub:08165615186 -------------------------------------------240112

JAZZ RS’08AT Putih+AccordVTiL’03AT Silver Baratajaya 19/65; 5042028/71717157 TT/ Krd ALL NEW CIVIC TH 2007 (L) MANUAL silver Metalik Manual (218jt pas)031-70733999 -------------------------------------------240112

-------------------------------------------130312

REVO ABSOLUT’10 Akhir Original Ban+ACCU Baru Jl.Semampir Tgh 3A/5 70805564 -------------------------------------------130312

-------------------------------------------130312

SUPRA FIT 05 MULUS 4,9Jt VEGA R’05 (5,5jt) Wonocolo Pondok 17A 81723696 -------------------------------------------130312

HND Kharisma 2004D/2005X jual murah brg istimewa jual salah satu 72689464 -------------------------------------------130312

REVO TH 2007 HUB; Rungkut Mejoyo Gang Buntu No.7 T;83759434 -------------------------------------------130312

MEGA PRO CW 2011 L Hitam 18jt Cepat ! 33568986,081333978874 -------------------------------------------130312

SHOGUN 110CW’03 Cakram Tgn1 Barang Lgkp Orisinil Istimewa 3,6Jt Ng 77821235 -------------------------------------------130312

Tiger New’07 CW dpbel cakram ors msn enak hub: Pandegiling 4/14 T.72727079 -------------------------------------------040112

Mega Pro’2005 dobel cakram Velg Balok 8,250jt hub: Platuk donomulyo 9/5 Sby -------------------------------------------040112

Vario CW’2006 Istimewa 95% jual cpt Muteran 3/8 T. 087853310058-701234516 -------------------------------------------040112

SUPRAFIT New Cw’06+New’06(WSda)+04(6,2+5,7+4,7) Simo Kwagean 77 (81836159) -------------------------------------------040112

KIRANA’04 Mls Trwt Tgn.1 (4750)Jl.KM. Mansyur53(KmpngMargi) No.1 T.70245586 -------------------------------------------040112

VARIO TEKNO 2010 SuperIstw PjkbARU BrgSptBaru;Gubeng Airlangga V/44 Cpt BU -------------------------------------------040112

BLADE REPSOL 2010 CW 99% OrsCat VelgRasing TPI Blok 4/14 Sda 031-31196806 -------------------------------------------040112

Jual Honda Grand 91 2,3jt hub.Heru 0317025.7115 -------------------------------------------040112

J HONDA REVO’09 HITAM 031-92365767 Setelah Jam 8Pagi -------------------------------------------040112

HONDA REVO Absolute’10 HitamOriginal H:SemampirTengah3A/5 70805564 7,5JtNg -------------------------------------------040112

SMASH’04 Cakram Hitam Istimewa.Murah BU hari ini 03170125548/087854332929 -------------------------------------------040112

SATRIA R Th’11 CW HitamPutih Pjk Baru Tgn1 KondIstw 17,5jt Nego 71007193 -------------------------------------------040112

JUPITER MX 08 CW, Vega New 06,Mio Sprty 08+10 Soul08 D.Husada 81 H: 71842589 -------------------------------------------040112

Tumenggung Yudo negoro membuka hutan wilayah teluk Prigi dan sekitarnya untuk dijadikan daerah pedesaan, yang sebelumnya dikenal sebagai hutan yang sangat angker dan tidak dapat dihuni manusia. Pelaksanaan upacara adat larung sembonyo menggambarkan kesibukan keluarga yang punya hajat mengawinkan dan mengadakan pesta untuk memeriahkan perkawinan itu. Pelarungan sembonyo dan berbagai asahan dan sesaji didorong oleh niat, harapan dan permohonan untuk mendapatkan keselamatan dan memperoleh hasil dari laut dan daratan yang melimpah. Perkawinan itu dilaksanakan pada hari senin kliwon , bulan selo, dimeriahkan dedngan kesenian Tayub selama 40 hari 40 malam. Bertolak dari dongeng itulah upacara adat Larung Sembonyo dilaksanakan dari tahun ke tahun oleh masyarakat teluk Prigi sampai sekarang. (ami)


JUMAT, 15 JUNI 2012

TIMUR

PERIKANAN

13

Haris Budi Kuncahyo: Ini pelanggaran keras dan harus ditindaklanjuti.

Anggota DPRD Dituntut Mundur Seorang Anggota DPRD Kota Malang, dituntut mundur sebagai wakil rakyat. Tuntutan ini mencuat karena yang bersangkutan merangkap jabatan sebagai Pembantu Rektor III. MALANG, (BM) - Anggota DPRD yang bersangkutan ini adalah Dr Christea Frisdiantara. Ia dituntut mundur sebagai wakil rakyat oleh Perkumpulan Warga Peduli Keterbukaan (Pergaulian), karena merangkap jabatan sebagai pembantu rektor (PR) III Universitas Kanjuruhan. Koordinator LSM Pergaulian

Haris Budi Kuncahyo menyatakan, politisi dari Partai Demokrat itu telah melanggar dan menyalahi PP Nomor 16 2010 Pasal 98 ayat 2. "Ini pelanggaran keras dan harus ditindaklanjuti. Bagaimana mungkin dilantik menjadi anggota dewan 2009, baru sekarang mau menyatakan mundur sebagai PR III Universitas Kanjuruhan Malang," kata Haris, Kamis (16/6). Dalam tuntutannya itu Pergaulian juga melampirkan bukti-bukti yang menunjukkan bahwa selain menjadi anggota dewan, Christea juga merangkap sebagai PR III, yakni berupa data-data dari website Universitas Kanjuruhan dan media massa serta sejumlah data lainnya. Data-data tersebut diserahkan

pada Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Malang, agar Chriseta mendapatkan sanksi, bahkan diberhentikan sebagai anggota dewan dan kader Partai Demokrat, sebab sama saja dengan merusak citra dewan dan partai. Selain itu, katanya, pihaknya juga menuntut Christea untuk mengembalikan seluruh tunjangan dan fasilitas negara yang ia dapatkan ketika menjabat sebagai PR III Universitas Kanjuruhan. Menanggapi tuntutan Pergaulian tersebut anggota DPRD Kota Malang Sutiaji mengatakan, pihaknya masih akan melakukan rapat koordinasi dengan ketua dan anggota BK lainnya. "Kami masih belum bisa men-

jatuhkan sanksi apapun, karena masih akan melakukan kajian termasuk dari segi hukum. Setelah itu baru bisa menentukan sanksi, karena saat ini statusnya masih praduga tak bersalah," ujarnya. Ketika dikonfirmasi Christea yang juga Ketua Komisi D DPRD Kota Malang itu menilai jika ada pihak-pihak tertentu yang sengaja ingin menjatuhkannya. Christea menjelaskan, sejak dilantik menjadi anggota dewan pada 2009, ia telah mengajukan surat pengunduran diri dari jabatan PR III pada Rektor Universitas Kanjuruhan, namun baru dinonaktifkan pada 7 Juni 2012. "Sekarang saya sudah tidak aktif lagi di Universitas Kanjuruhan, jadi

sudah tak ada masalah," tegasnya. Terkait tuntutan dari Pergaulian tersebut, dirinya juga sudah mengirimkan surat klarifikasi ke BK DPRD Kota Malang, meskipun sampai saat ini belum dipanggil. Menyinggung masalah tunjangan dan fasilitas yang sudah dinikmati dan harus dikembalikan selama menjadi PR III, Chriseta mengaku, tak perlu melakukan hal itu, sebab Universitas Kanjuruhan bukan Perguruan Tinggi Negeri (PTN). "Karena Universitas Kanjuruhan merupakan perguruan tinggi swasta, maka anggarannya bukan dari APBN, sehingga tidak ada masalah. Toh selama menjabat saya juga menjalankan tugas dengan baik," tegasnya. (ant/hdi)

TKI Kediri Mati di Oman KEDIRI ( BM) – Nasib malang dialami seorang tenaga kerja Indonesia asal Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri bernama Asiyah (32). Keinginanya untuk pulang ke kampong halaman, malah dikabarkan meninggal dunia di rumah majikannya di Oman. Rokim (35) suami Asiyah, mengungkapkan kabar kematian istrinya itu diterima pada Minggu (10/6) oleh pihak KBRI Oman. “Kami diberitahu jika Asiyah meninggal dunia Minggu kemarin. Kami merasa aneh, karena tidak ada penjelasan detail tentang sebab meninggalnya dia,” jelasnya. Mendapatkan kabar tersebut, bapak dua anak ini langsung terkejut. Sebab, pada Sabtu (26/5) istrinya sempat telepon dan mengabarkan jika ia berencana pulang. Ia juga mengatakan, jika sedang sakit gatal dan belum sembuh. “Terakhir menelepon akhir Mei lalu dan ingin pulang, sekarang masih melengkapi surat-suratnya,” ceritanya. Menurut Rokim, istrinya berangkat kerja menjadi TKI pada 5 Juni 2010, dan sesuai dengan kontrak memang akan pulang. Saat ini, majikannya sedang menguruskan surat-surat untuk pemulangannya ke Indonesia . Sampai saat ini, ia tetap tidak percaya jika kemudian pihak KBRI mengatakan jika istrinya meninggal dunia. Padahal, istrinya tidak pernah sakit parah, dan yang terakhir hanya sakit gatal saja. Sementara itu, ketika disinggung tentang majikan Asiyah, Rokim mengatakan jika istrinya pernah cerita majikannya sangat cerewet. Namun, apakah sampai berbuat kekerasan, istrinya yang me-

mang rutin memberi kabar setiap bulan itu belum cerita. “Ia hanya cerita jika majikannya cerewet. Itupun, saat menghubungi keluarga, ia menggunakan telepon seluler milik majikan. Apakah ia takut cerita lebih lanjut, itu yang masih akan kami tanyakan ke perusahaan jasa yang memberangkatkannya,” ujarnya. Rokim mengatakan istrinya berangkat secara resmi lewat PJTKI bernama Sarko di Jakarta Timur. Selain memastikan kabar kematian istrinya, juga masalah gaji istrinya yang tersendat. “ Ada tujuh bulan yang belum diterima. Ini, kami mau ke PT (Sarko) untuk menanyakannya,” ujarnya dengan wajah resah. Ia berharap, kabar itu tidak benar. Jika benar pun, ia berharap jenazah istrinya bisa segera dipulangkan. “Kami hanya ingin, jika benar meninggal, jenazahnya bias dipulangkan ke Indonesia , itu saja,” pungkasnya. Untuk diketahui, Asiyah meninggalkan dua orang anaknya yang masih duduk di bangku kelas 1 SMP dan kelas 6 SD. (aka/hdi)

FOTO: BM/IST

BUDIDAYA IKAN: Kabupaten Sidoarjo mampu meningkatkan produksi ikan.

Produksi Ikan 2.513 Ton SIDOARJO, (BM) - Banyaknya budidaya ikan air tawar yang berkembang di wilayah Sidoarjo, sangat berdampak terhadap produksi ikan. Pada tahun 2010 angka produksi mencapai 1.600 ton per tahun, di tahun 2011 telah meningkat sebesar 57 % atau sekitar 2.513 ton per tahun. Komoditas budidaya ikan air tawar mengalami perkembangan signifikan melalui diversifikasi (perluasan kolam maupun penganekaragaman komoditas). Begitu juga melalui intensifikasi (peningkatan teknologi). Dengan luas wilayah potensi budidaya air tawar mencapai 36 hektare.Dari jenis ikan lele, gurami, patin dan nila.Dengan komoditas unggulan ikan lele. Menurut Kepala Bidang Sumberdaya hayati perairan darat DKP(Dinas Kelautan dan perikanan) Ir Bahruni,MM,rabu(14/6), produksi ikan juga harus bebas dari bahan kimia dan obat-obatan antibiotik telarang. Seperti adanya kandungan Chloramphenicol dan Nitrofuram. “pengendalian mutu air untuk budidaya air tawar/payau sangat menentukan keberhasilan dalam budidaya ikan artinya kuwalitas air harus bersih dan bebas dari limbah berbahaya," ujarnya. Standar baku air untuk budi daya dan pemeliharaan ikan lanjut Bahruni, seperti kadar oksigen yang terlarut dalam air tidak kurang dari 3 digit. Kadar oksegin tersebut bisa diketahui melalui alat DO meter (Dissolvet Osxigen) disamping itu derajat keasaman air atau PH dalam air ukurannya 6-7,8. (tif/dea/hdi)

KAPAL PERINTIS

Satu Belum Beroperasi

FOTO: BM/ANTARA

POTENSI KELAPA PEKERJA memindahkan kelapa ke atas bak truk di Pasar Kelapa Arjowinangun, Kab. Pacitan, Jatim, Kamis (14/6). Kabupaten Pacitan dengan jumlah tanaman kelapa sekitar 3,7 juta pohon merupakan daerah penghasil kelapa yang potensial, dan produksinya dipasarkan ke sejumlah daerah di Jatim dan Jateng oleh para tengkulak.

Pendaftaran Pemantau Pilkada Dibuka BOJONEGORO, (BM) - KPU Bojonegoro, Jatim, membuka pendaftaran tim pemantau pilkada yang bisa diikuti semua lembaga organisasi berbadan hukum dalam negeri, dengan ketentuan pembiayaan selama pemantauan pilkada dilakukan secara swadaya. Koordinator Divisi Hukum, Umum dan Pengawasan KPU Bojonegoro, Abdim Munif mengatakan, persyaratan organisasi yang mendaftar sebagai pemantau pilkada di atur melalui Peraturan KPU No.64 tahun 2009 tentang Tata Cara Pemantauan Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Di dalam peraturan itu, lanjutnya, tim pemantau pilkada harus memiliki badan hukum

dalam negeri, tidak berpihak kepada salah satu calon peserta pilkada dan memiliki anggaran yang jelas dalam pembiayaan pemantauan pilkada. "KPU tidak menyediakan anggaran tim pemantau pilkada," ujarnya, Kamis (14/6). Ia menjelaskan, pembukaan pendaftaran tim pemantau pilkada di awali dengan pengambilan formulir, pada 13-15 Juni dan pengembalian formulir, pada 16-18 Juni. "Saat ini baru ada dua organisasi yang mengambil formulir yaitu GMNI dan LSM NSEC. Kita belum tahu apakah keduanya nanti mengembalikan formulir atau tidak," katanya. Menurut dia, pengembalian formulir, di antaranya harus dilengkapi dengan surat pernyataan

bermeterai yang berisi sanggup membiaya sendiri pemantauan pilkada. "Pemantauan bisa dilakukan di semua tahapan pilkada, dengan jumlah personel sebanyak-banyaknya," jelasnya. Ia menjelaskan, organisasi yang mendaftar sebagai pemantau pilkada, harus menjalani verifikasi, sebelum ditetapkan sebagai tim pemantau pilkada. Menjawab pertanyaan, Abdim mengatakan, dalam berbagai pemilu di daerah setempat yang sudah berjalan mulai pemilu legislatif, pemilu presiden dan pilkada, selalu ada tim pemantau. Di antaranya, katanya mencontohkan, pilkada yang lalu, ada tiga tim pemantau pilkada yaitu GMNI, LSM Pijar dan Universitas Bojonegoro. (ant/hdi)

Inspektorat Mandul, Birokrasi Lamban NGANJUK, (BM) - Selama empat tahun berjalan, Kepala Badan Inspektorat Tri Wijoso Nganjuk, dianggap mandul oleh sejumlah kalangan di Komisi A DPRD Nganjuk. Ketua Komisi A DPRD Nganjuk, Supiyono menanyakan, kasus Kapala Desa terkait Kendaraan dinas yang dijual, banyaknya kasus di Dinas terkait belum ditindaklanjuti, beberapa Kepala Dinas yang tidak per-

nah diungkap dan Kepala Desa yang nakal. Supiyono mengatakan, sebenarnya tugas pokok dan fungsi Inspektorat Nganjuk, adalah mempunyai tugas membantu Bupati dalam penyelenggaraan pemerintahan di bidang pengawasan umum terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan umum, penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan masyarakat di lingkungan Pemerintah Kabupaten, Kecamatan dan Kelurahan/Desa. Sedangkan fungsi Inspektorat sendiri mencakup pengawasan terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan umum, Pemerintahan Daerah , Kecamatan dan Kelurahan/ Desa yang meliputi bidang pemerintahan, pembinaan aparatur dan kesatuan bangsa, Kesejahteraan sosial, bidang ekonomi, keuangan dan industri serta bidang pembangunan. Pengujian serta penilaian atas hasil laporan setiap unsur dan atau Dinas, Kantor, Badan , unit-unit kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten, pengusutan kebenaran laporan serta pengaduan terhadap penyimpangan atau penyalahgunaan di bidang pemerintahan, pembinaan aparatur dan kesatuan bangsa, sosial politik, Kesejahteraan sosial, ekonomi,keuangan, industri dan pembangunan Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang pengawasan, “Inpektorat yang sekian tahun bercokol tidak pernah terungkap kejadian – kejadian selama ini menjadi perhatian masyarakat," ungkap Supijono. Kamis (14/6). (roi/hdi)

SUMENEP, (BM) - Salah satu dari dua kapal perintis yang biasanya beroperasi di perairan Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, yakni Kapal AmuktiPalapadanpenggantinya,belumberoperasi. "Untuk sementara hingga sekarang, kapal perintis di bawah pengelolaan PT Sumekar itu tidak beroperasi. Kondisi ini memang membuat pelayanan sarana transportasi laut ke pulau terjauh di Sumenep, seperti Masalembu dan Sapeken, agak terganggu," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumenep, A Nur Salam di Sumenep, Kamis (14/6). Pada Selasa (12/6), puluhan calon penumpang kapal ke Masalembu mendatangi Kantor DPRD Sumenep guna mengadukan belum adanya kapal yang segera berlayar ke pulau tersebut. Versi calon penumpang kapal tersebut, salah satu kapal perintis yang ternyata kapal di bawah pengelolaan PT Sumekar, sudah berada di Pelabuhan Kalianget sejak beberapa hari sebelumnya. Anggota Komisi C DPRD Sumenep langsung menggelar rapat untuk membahas persoalan tersebut, dan diketahui penyebab kapal perintis itu tidak dioperasikan, karena tak tersedia dana. "Saat ini, kami berharap banyak pada kapal perintis lainnya, yakni Kapal Sabuk Nusantara 27, guna melayani jalur ke Masalembu maupun Sapeken," ujarnya. Salam menjelaskan, secara kelembagaan, pihaknya tidak memiliki kaitan langsung dengan manajemen PT Sumekar. "Namun, kalau terjadi sesuatu dalam pelayanan sarana transportasi, baik darat maupun laut, kami selalu menjadi pihak terkait tidak langsung yang menjadi tumpuan warga untuk mencari solusinya, seperti kasus tidak beroperasinya kapal perintis di bawah pengelolaan PT Sumekar tersebut," ucapnya. (ant/hdi)

SEMBAKO

Tekan Harga Migor NGANJUK, (BM) - Ketua LSM Komperes Nganjuk, Sukaldiono mendesak Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Nganjuk, Putu Winasa untuk segera menggelar operasi pasar minyak goreng. Ini dimaksudkan agar kenaikan harga kebutuhan dasar masyarakat itu tidak terus berlanjut. Karena itu, Disperindagkop perlu segera melakukan kerja sama dengan Bulog, selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bertanggung jawab mengontrol harga sembilan bahan pokok (sembako) di pasaran. "Masalah ini tidak boleh dibiarkan berlarutlarut. Sebab, semenjak harga minyak goreng curah di pasaran naik. Harga telor, tepung, susu dan gula juga ikut naik. Jelas hal ini merugikan pembeli," ungkap Sukaldiono ketika ditemui di rumahnya, Kamis (14/6). Kelambanan Disperindagkop Nganjuk, untuk tidak segera menggelar OP sangat disayangkan. Termasuk sikap dari Bulog Divre IV Kediri yang seolah-olah tugasnya sebatas mengerjakan dan mengontrol harga beras. Menurutnya, tugas Bulog sudah jelas yakni mengontrol harga sembako di pasaran. "Mengapa kenaikan harga minyak goreng ini tidak terkontrol hingga saat ini," tuturnya. Di Pasar Wage misalnya. Harga telor naik sekitar Rp1.000 /kg-nya. Semula harganya sekitar Rp 6.800 naik menjadi Rp 7.800. Di tingkat pengecer semacam di toko-toko perumahan harga telor menjadi Rp 8.000/kgnya.(roi/hdi)


JUMAT, 15 JUNI 2012

14

Penting sekali untuk tetap sehat dan bertenaga, karena Anda berpotensi menjadi lebih produktif. DINAMIS - HARMONIS

Jenis Profesi yang Rentan Picu Malas Sikat Gigi bisa Picu Kanker Jangan pernah menganggap remeh kebersihan gigi dan mulut. Baru-baru ini, para ilmuwan di Swedia menemukan bahwa peningkatan plak pada gigi telah dikaitkan dengan risiko kematian dini akibat kanker. Penelitian ini merupakan sebuah studi observasional yang dipublikasikan, melibatkan 1.390 orang antara tahun 1985 dan 2009. Pada awal penelitian, seluruh partisipan ditanyai terkait faktor-faktor kemungkinan akan peningkatan risiko kanker, termasuk menilai kebersihan mulut mereka. Setelah kurun waktu 24 tahun, 58 pasien meninggal dan 35 di antaranya akibat kanker. Mereka yang meninggal secara signifikan memiliki jumlah plak gigi jauh lebih banyak. Indeks plak gigi pada partisipan yang telah meninggal lebih tinggi daripada mereka yang masih hidup. Peneliti mencatat, partisipan yang meninggal memiliki indeks skor antara 0,84 sampai 0,91 - yang menunjukkan bahwa daerah gusi pada gigi ditutupi plak - sedangkan mereka yang masih hidup memiliki skor lebih rendah 0,66-0,67 - yang menunjukkan cakupan plak hanya sebagian saja. Rata-rata usia kematian adalah 61 tahun pada perempuan dan 60 tahun untuk pria. Peneliti mengira, para wanita seharusnya dapat hidup sekitar 13 tahun lebih lama, dan pria 8,5 tahun lebih lama, sehingga kematian mereka bisa dianggap prematur, kata para peneliti. “Berdasarkan temuan ini, tingginya muatan bakteri pada permukaan gigi dan gingiva selama waktu yang berkepanjangan mungkin memainkan peran dalam karsinogenesis,” kata peneliti. Namun, penulis mengingatkan bahwa penemuan mereka tidak membuktikan bahwa penyebab plak gigi sebagai penyebab kanker. “Hipotesis penelitian kami melihat buruknya kebersihan mulut, sebagaimana tercermin dalam jumlah plak gigi, dikaitkan dengan meningkatnya kematian akibat kanker,” jelasnya. “Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah ada faktor kausal dalam hubungan yang diamati,” ucap peneliti. Plak gigi menandakan buruknya kebersihan mulut dan merupakan sumber potensi infeksi, yang juga punya hubungan dengan masalah kesehatan sistemik.(km/ami)

KEGEMUKAN Anda seorang staf public relations, marketing, travel agent, atau IT? Hati-hati, profesi Anda mungkin rentan terhadap kegemukan, demikian hasil penelitian CareerBuilder.com melalui lembaga riset pasar Harris Interactive. Riset mereka mendapati bahwa empat profesi tersebut ada di antara beberapa pekerjaan di mana 44 persen pelakunya cenderung menambah berat badan selama menangani pekerjaan mereka.

P

erusahaan ini melakukan survei terhadap lebih dari 5.700 pekerja berusia 18 tahun ke atas menemukan profesi yang membuat pelakunya menjalani gaya hidup yang kurang sehat. Selain empat profesi di atas, pekerja sosial, guru, seniman, desainer, arsitek, asisten administrasi, dokter, polisi, dan petugas pemadam kebakaran, juga termasuk profesi yang kurang sehat. Survei juga mendapati bahwa 26 persen pekerja cenderung menambah berat badan lebih dari 4,5 kg, dan 14 persennya bahkan menambah berat badannya lebih dari 9 kg. Sedangkan yang mengaku berat badannya turun hanya 16 persen pekerja. Lantas apa sih sebenarnya yang membuat jenis pekerjaan tersebut rentan membuat pelakunya mengalami obesitas? Lebih dari separuh orang yang disurvei (54 persen) mengatakan, hal itu dipicu oleh kebiasaan duduk di belakang meja sepanjang hari. Sebanyak 56 persen mengaku bahwa makan siang pun mereka lakukan sambil tetap bekerja di dalam kantor. Seperti Anda ketahui, kebiasaan ini juga merupakan salah satu faktor pemicu obesitas. Banyak pula pekerja yang menggunakan makanan sebagai pelarian dari stres (37 persen), atau yang cenderung makan di luar atau jajan (23 persen). Sebanyak 18 persen mengatakan bahwa penambahan berat badan terjadi akibat seringnya perayaan ulang tahun atau teman yang membawa makanan di kantor. Hanya 19 persen pekerja yang mengatakan bahwa mereka sering lupa makan karena keterbatasan waktu,

BAIM WONG

Ditagih Menikah Oleh Ortu JAKARTA, (BM) — Artis peran Baim Wong (31) mengaku sudah mulai ditanya-tanya soal telah memiliki kekasih atau belum dan kapan menikah, oleh kedua orangtuanya, Johnny Wong dan Kartini Martaatmadja. Baim tak bisa menjawab panjang karena sampai saat ini ia masih sendiri alias jomblo. “Orangtua juga suka nanya, ‘Ayo dong, kapan?’ Ha ha ha... Ya, saya bilang, pasangannya belum ada. Jalani aja lah,” kata Baim Baim juga tak buru-buru dalam menentukan pasangan hidup. Ia takut, bila tergesa-gesa, akan salah pilih dan bercerai atau berpoligami. Ia tak ingin melakukan kedua hal itu. “Namanya menikah itu sekali seumur hidup ya. Saya enggak mau ada yang namanya perceraian apalagi poligami. Saya enggak mau. Susah banget nyari yang untuk sekali seumur hidup,” ujarnya lagi. Baim Wong mengakui bahwa diirnya telah melewatkan target untuk menikah dibawah usia 30 . Banyak alasan yang dikemukakannya . Di satu sisi, Baim merasa masih bisa leluasa menemukan perempuan idamannya. Namun, di sisi lain, akunya, ia kadang menyesal telah melewatkan calon potensial pendamping hidupnya. “Saya sering menyalahkan diri saya sendiri, karena kadang-kadang telah melewatkan orang yang sebenarnya baik,” ungkap Baim Pria kelahiran 27 April 1981 ini menuturkan, belakangan ia telah melewatkan dua calon potensial. “Dekat sama dua orang, namun sudah delapan bulanan lamanya enggak dekat lagi sama mereka,” tuturnya. Menurut Baim, hal itu terjadi bukan karena ia pemilih. Tapi, menurutnya lagi, tetap saja ada kriteria yang menjadi penyaring. Apa kriteria itu? “Asal baik, bisa dipercaya. Kalau shooting dan kerja enggak usah mikir macam-macam, mikir yang enggak-enggak. Jadi, ya shooting-nya juga bisa enak. Itu saja,” beber Baim. “Ya, saya masih sendiri, entah sampai kapan. Doain saja ya,” ucapnya lalu tertawa. (tr/ami)

Pekerja yang mengetahui buruknya kebiasaan duduk sepanjang hari, disarankan untuk lebih aktif bergerak dengan melakukan olahraga secara rutin. “Penting sekali untuk tetap sehat dan bertenaga, karena Anda berpotensi menjadi lebih produktif,” ujar Rosemary Haefner, Vice President untuk divisi pengembangan sumber daya manusia di CareerBuilder.com. (ami) BERIKUT ADALAH JENIS PROFESI YANG MENURUT SURVEI RAWAN MENIMBULKAN PROBLEM KEGEMUKAN: -

Travel agent Pengacara/hakim Pekerja sosial Guru Seniman/desainer/arsitek Asisten administrasi Dokter Petugas perlindungan masyarakat (polisi/petugas pemadam kebakaran) - Staf marketing/public relations - Staf Information Technology

Dewi Perssik

Diperiksa Polda Metro Jaya Polda Metro Jaya Senin minggu depan (18/6) akan memeriksa Muhamad Zainal Arifin berkait dengan laporannya atas produser KK Dheeraj dan artis Dewi Persik atau Depe (DP). Oleh Zainal, DP dianggap telah melakukan pembohongan publik dengan menyebut bahwa DP bermain bersama aktor Rowan Atkison dalam film Mr Bean Kesurupan Depe, ketika DP mempromosikan film yang diproduksi oleh K2K Production itu. JAKARTA (BM) —Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, mengatakan bahwa dalam laporan itu Zainal mengadukan dengan menggunakan Undang-undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 tahun 1999 serta pasal-pasal dalam KUHP. “Depe dan KK Dheraj diadukan dengan tindak pidana perlindungan konsumen pasal 8 (1) huruf F Jo pasal 62 (1) jo pasal 9 ayat (1) huruf F jo pasal 378 KUHP jo pasal 380 KUHP,” terang Rikwanto, Selasa (12/6/2012), di Mapolda Metro Jaya. Pada pasal 62 Undang-undang Perlindungan Konsumen diatur tentang pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh pelaku usaha, di antaranya dihukum dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana denda paling banyak Rp 2 miliar. Sanksi itu diberikan terhadap pelaku usaha yang terbukti memproduksi atau memperdagangkan barang yang tidak sesuai dengan berat, jumlah, ukuran, takaran, jaminan, keistimewaan, kemanjuran, komposisi, atau mutu yang dinyatakan dalam label atau keterangan tentang barang tersebut. Lebih lanjut Rikwanto menjelaskan bahwa Polda Metro Jaya akan memproses laporan itu. Setelah laporan tersebut ditelaah oleh tim penyelidik, langkah selanjutnya yang dilakukan oleh polisi

adalah memanggil Muhamad Zainal Arifin selaku pelapor. Laporan ini bermula dari kekecewaan Muhamad Zainal Arifin, seorang penonton film Mr Bean Kesurupan Depe. Arifin merasa dibohongi oleh produser film tersebut, KK Dheraj, dan bintang film itu, DP. “Kronologinya, Maret 2012, KK Dheraj pernah mengatakan Mr Bean akan

membintangi film Mr Bean Kesurupan Depe dan DP menimpali bahwa benar dia akan bermain bareng Mr Bean yang asli, yakni Rowan Atkinson,” kata Zainal ketika diwawancara melalui telepon oleh Kompas.com di Jakarta, Selasa (12/6/2012). “Dari situ saya pantau terus beritanya, dari Maret sampai Mei 2012. Saya yakin Mr Bean jadi main film,” lanjutnya. Rasa penasaran Zainal semakin besar sejalan dengan promosi oleh Dheraj dan DP. Akhirnya, pada 8 Juni 2012 Zainal menonton film itu di Kalibata Mall, Jakarta. “Di sana saya lihat ada poster, patung Mr Bean, saya tambah yakin kalau dalam film ini ada Mr Bean,” cerita Zainal. Namun, setelah menonton film itu sampai habis, Zainal merasa aneh karena dari awal hingga akhir ternyata tidak ada Rowan Atkinson yang muncul dalam adegan di film itu. (km/ami)

OLLA RAMLAN

Hadiah Rumah Mewah dari Sang Pacar JAKARTA, (BM) - Hubungan asmara antara Olla Ramlan dan Aufar makin dekat saja. Aufar mulai dekat dengan orang tua Olla, HM Ramlan. Keduanya juga memulai menjajaki kerjasama bisnis. Meski demikian, Olla Ramlan membantah Aufar telah melamar dirinya. “Enggak, belum kok. Kalau udah sih pasti saya kabarkan berita gembira tersebut. Sekali lagi doakan aja biar semuanya berjalan dengan baik,” kata Olla di Studio RCTI Kebon Jeruk Jakarta, Rabu (13/6). Ia mengungkapkan, hubungannya dengan Aufar memang sudah serius. Namun, Olla juga tidak tahu secara pasti kapan Aufar akan membawanya ke pelaminan. “Kita jalanin ke arah yang serius, untuk waktu tahun depan dan bulannya belum tahu. Aku juga enggak tahu kapannya, kan cewe, biar Aufarnya yang kasih suprise aja deh,” kata Olla. Olla Ramlan dan Aufar Hutapea, rupanya sudah membangun rumah impiannya. Rumah itu kelak akan mereka tempati setelah menikah. Tetapi sayang Olla masih malu-malu menjelaskan perihal rumah tersebut. Namun dipastikannya rumah ini ada di Jakarta. “Alhamdulilah Amin. Apapun kabar yang terdengar pokoknya bener aku kasih tahu, nggak ada yang ditutupin dan wajar juga normal-normal aja, pokoknya kalau udah siap semuanya Insya Allah pasti dikasih tahu. Pokoknya lihat aja. Pokoknya ada di Jakarta, Sayakan kerjanya di Jakarta, kalau mau nikah sedang dipersiapkan,” jelas Olla, Rabu (13/6). Olla mengaku ia berpacaran dengan Aufar baru setahun. “ Ini juga dipojok-pojokkin terus dan Insya Allah yah jalanin aja,” ujarnya. Sebagai perempuan Olla hanya menunggu dari pihak laki-laki. “Kalau saya ngomongin ini-ini kan kesannya gimana banget, biasa aja pokoknya Aufar juga niatnya baik dan kita satu sama lain keluarga udah saling kenal aja sih,” kilahnya di tanya persiapan rencana pernikahannya. (jp/ami)


JUMAT, 15 JUNI 2012

15

METRO JATIM Baktiono: Bila perlu lakukan verifikasi terhadap gelar yang dimiliki para pejabat, saya Kira jumlahnya cukup banyak.

Surabaya hanya Masuk Sepuluh Besar Sidoarjo... “Jatim dinobatkan sebagai provinsi yang peduli pendidikan, karena itu kami tidak akan sekadar meningkatkan mutu pendidikan,” katanya. Sementara itu, data siswa yang masuk “sepuluh besar” untuk UASBN SD di Jatim, siswa Surabaya bernamaAmandaazumiAzaliaasal SDN Perak Barat Surabaya menduduki posisi keenam dengan nilai 29,60, lalu Putra Aghata asal SDN Ketabang 1 Surabaya menempati posisi ke-10 dengan nilai yang sama. Menanggapi kemerosotan prestasi Surabaya dalam UASBN tingkat SD/MI itu, Kepala Disdik Surabaya, M Ikhsan, mengaku kekalahan itu. “Ke depan, kami berharap prestasi UASBN SD di Surabaya tidak hanya terbaik di tingkat provinsi, tetapi juga tingkat nasional. Tapi kami tetap optimis untuk tahun depan,” katanya. Data selengkapnya untuk “lima besar” kabupaten/kota peraih rata-

SAMBUNGAN HALAMAN 9

rata nilai UASBN tingkat SD tertinggi di Jatim adalah Kota Mojokerto (25,93), Kabupaten Sidoarjo (25,78), Kabupaten Mojokerto (25,25), dan Kabupaten Lamongan (25,21). dan Kabupaten Tulungagung (25,08). Untuk data nilai UASBN tertinggi tingkat MI adalah KabupatenSidoarjo(25,77),KotaMadiun (25,38), Kabupaten Mojokerto (24,65), Kota Blitar (24,64), Kabupaten Tulungagung (24,13),. Sementara itu, data sekolah peraih rata-rata nilai UASBN tertinggi tingkat SD di Jatim adalah SDN 1 Wajak Kidul Kabupaten Tulungagung (29,17), SDN Geluran Ploso Kabupaten Gresik (29,08), SDN Tawangrejo II Kabupaten Lamongan (29,07), dan SDN Kedunggempol I Kabupaten Mojokerto (29). Untuk data sekolah peraih rata-rata nilai UASBN tertinggi tingkat MI di

Jatim adalah MI Nainul Ulum Kabupaten Mojokerto (29,18). Sementara itu, kegagalan Surabaya masuk peringkat tiga besar lulusan SD terbaik di Jatim, membuat Komisi D DPRD setempat mempertanyakan kinerja guru maupun dinas pendidikan. Padahal, anggaran pendidikan sudah digerejok hingga 35 persen dari APBD Kota Surabaya sebesar Rp 5,1 Triliun. Tapi prestasinya sama dengan tahun sebelumnya yang juga tidak masuk peringkat besar. “Wajar kita tuntut prestasi yang lebih baik, karena anggarannya lebih besar baik jumlah nominal maupun prosentasenya dibandingkan daerah lain,” kata Ketua Komisi D Baktiono. Politisi dari PDIP ini mengatakan, Surabaya harusnya malu dengan kota lain yang lebih berprestasi di bidang pendidikan, walaupun Surabaya lebih dulu menerapkan sistem penerimaan

siswa baru dengan sistem online maupun rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI). “Tapi itu semua tidak bisa mengangkat prestasi anak,” tuturnya. Baktiono mengatakan, para siswa tidak bisa disalahkan jika prestasinya tidak baik. Menurutnya, kemungkinan guru dan dinas pendidikan yang harus dievaluasi. “Kalau siswa itu sama dan mata pelajarannya yang sama. Tinggal dinas pendidikannya yang mengatur dan memanfaatkan dengan baik pelimpahan keuangan yang jumlahnya luar biasa, untuk menciptakan prestasi,” katanya. Rencananya, minggu depan komisi yang membidangi pendidikan ini akan memanggil Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Ikhsan, untuk mempertanyakan kinerjanya selama ini. “Rencananya minggu depan akan kita panggil,” jelasnya. (at/dts/epe)

Verifikasi Ijasah Guru bakal Diperketat Dinas... Dengan adanya kasus ini, Harun menyatakan akan memberikan masukan ke Kemendibud. Setiap ijasah yang masuk untuk sertifikasi akan dikroscek kebenarannya dengan mengirimkannya ke kampus yang bersangkutan. “Memang butuh waktu lebih lama, tapi agar lebih akurat, memang harus seperti itu,” kata dia. Selain itu, pengetatan juga diusulkan dengan memberikan batasan ijasah yang diterima hanya untuk yang minimal terdaftar. Dia juga mengatakan bakal mempertimbangkan untuk lebih mengetatkan prosedur guru yang bersekolah lagi untuk mendapatkan ijasah sebagai prasyarat sertifikasi. “Minimal harus ada pemberitahuan resmi ke sekolahnya dan dilaporkan ke Dinas Pendidikan masing-masing ka-

SAMBUNGAN HALAMAN 9

bupaten/kota,” kata dia. Sementaraitu,PersatuanGuru Republik Indonesia (PGRI) Jatim mendukung langkah kepolisian untuk mengusut tuntas kasusnya, juga menangkap guru pengguna ijasah palsu itu. Bahkan, PGRI Jatim akan membawa kasus pemalsuanijasahakta4untukprofesi gurukeRapatKoordinasiPimpinan Nasional (Rakorpimnas) PGRI di Makassar,28Juni2012mendatang. Ichwan Sumadi Ketua PGRI Jatim mengatakan, penggunaan ijasah palsu jelas melanggar hukum. Sesuai UU nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta PP nomor 74 tahun 2008 tentang Guru, guru memiliki 3 kewajiban yang harus dipenuhi, yakni berijasah minimal S-1 atau D-4, memiliki 4 kompetensi (pedagogic, profes-

sional, sosial, dan kepribadian), serta memiliki sertifikat pendidik. Untuk bisa memiliki sertifikat pendidikitu,kataIchwan,memang mensyaratkan harus minimal memiliki ijasah S-1 atau D-4. “Kewajiban-kewajiban ini memang harusdipenuhiolehguru,dantidak bolehatasnamaagarmendapatkan sertifikasi, menggunakan ijasah palsu. Secara moral dan hukum, itu sudah salah. Kami mendukung untuk dilakukan penindakan pada guru yang menggunakan ijasah palsu,” kata dia. Ichwan juga mengusulkan, jika guru pengguna ijasah palsu tertangkap, bukan hanya proses hukum yang harus dijalaninya, sertifikatnya juga harus dicabut. “Dia harus kuliah lagi di sekolah yang benar, dan mengikuti pendidikan dengan benar. Guru itu pendidik, harus memberikan

contoh yang mendidik,” kata dia. Adanya kaitan antara banyaknya jumlah peminat ijasah palsu akta 4 dan prasyarat sertifikasi guru juga jadi prioritas bahan penyelidikan kepolisian. “Kita masih mendalami kemungkinan itu,” kata Sandi. Yang jelas, pelanggaran yang dilakukan pengguna ijasah palsu juga ada konsekwensi sanksi pidananya, sama seperti pembuat dan pengedarnya. “Kita juga masih terus mengembangkan kasus ini sampai ke penggunanya.Kita sudah punya sebagian diantara pengguna itu,” kata dia. DikatakanjugaolehSandi,tidak selamanya pengguna mulus memanfaatkan ijasah palsu itu. Diantaranya karena PTS yang ijasahnya dipalsukan menerapkan verifikasiyangketatsaatlegalisirfoto copy ijasah. (ss/epe)

Bawa Kasus Ijasah Palsu ke Rakornas PGRI Polda... SURABAYA, (BM) - Ketua Komisi D DPRD Surabaya Baktiono yang salah satunya membidangi pendidikan, meminta pihak berwajib mengungkap praktek jual beli ijasah palsu hingga tuntas. “Itu termasuk perbuatan kriminal dan saya harap pihak kepolisian segera turun tangan,” terangnya. MenurutBaktiono,untukmengungkap mafia pembuatan ijasah palsu sebenarnya cukup mudah. Selain bisa meminta keterangan dan menguji kompetensi secara langsung dari pelaku, cara lain yang dapat digunakan mengungkap komplotan ini adalah dengan mendatangi nama kampus sebagaimana yang tertera dalam ijasah. Sebab berdasarkan pengamatan yang ia lakukan selama ini, tambah bendahara PDIP Surabaya tersebut, biasanya modus yang digunakan dengan memakai nomor induk mahasiswa (NIM) yang sudah tidak aktif lagi. Terutama mahasiswa yang dropout(DO).“NomorNIMituada tahunnyajaditinggaldatangisajaapa benar yang bersangkutan alumni dari kampustersebut,” cetusnya. Oleh karena itu dirinya memastikan jika sudah terbukti ada praktek semacam itu, maka ancaman sanksi tidak hanya menunggu bagisipelaku.Namunkampusyang mengeluarkan ijasah palsu juga bisa dikenai hukuman. Bahkan tidak menutupkemungkinankampusitu juga akan ditutup. Apalagi ada indikasi jenjang akademik instan yang dicari, untuk memuluskan pengguna. Seperti dalam kasus ijasah palsu yang melibatkan beberapa pejabat publik di Jatim selama ini. Lebih jauh Baktiono menilai praktek jual beli gelar baik yang terjadi di eksekutif maupun legislatif mengindikasikan adanya dekadensi moral dikalangan pejabat di tanah air. Karena selain melanggar hukum, perbuatan itu juga telah menciderai kepercayaan masyarakat terhadap para pejabat. Apalagi hingga saat ini belum bisa diketahui secarapastijumlahparapejabatyang

SAMBUNGAN HALAMAN 9

memiliki ijasah aspal ini. “Kuliah tidak mungkin dapat ditempuhdalamwaktusatuataudua minggu.Bilaperlulakukanverifikasi terhadap gelar yang dimiliki para pejabat, saya kira jumlahnya cukup banyak,” tegasnya. Sebelumnya, Tim Pidana Ekonomi (Pidek) Polda Jatim dari Unit II HKI, Subdit I Ekonomi Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) mengungkap pemalsuan ijasah S-1 hingga S-3 yang dilakukan Sucipto, warga Jalan Hasanudin, Malang (13/6). Paska penyidikan, diketahui, pemalsuan tidak hanya untuk ijasah tiga PTS di Jatim. Dari hasil pemeriksaan sementara yang dilakukan terhadap pria 48 tahun yang pernah jadi dosen itu, selain di Unitomo, Undar dan Unmer Malang,masihadauniversitaslain yangjadikorbanaksinya.Kasubdit I Ekonomi Ditreskrimsus Polda Jatim, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Akhmad Yusep Gunawan, S.Ik mengakui masih ada satu lagi perguruan tinggi yang ijasahnya juga dipalsukan tersangka Sucipto. Namun sayangnya, Yusep enggan menyebutkannamaperguruantinggiitu. “Saat ini, kami masih terus melakukan pengembangan sehinggakamiuntuksementaramenolak menyebutkan nama perguruan tinggi tersebut. Namun, kami menilai jika ijasah dari perguruan tinggi itu juga beredar banyak,sepertiijasahtigaperguruan tinggi yang sudah dipalsukan tersangka,”tandas Yusep. Yusep juga tidak menampik jika telah memanggil beberapa dosen dan para pimpinan di Unitomo, untuk menggali lebih dalam kemungkinan bocornya data-data penting di perguruan tinggi tersebut, sehingga datadata itu dimanfaatkan betul oleh tersangka untuk membuat ijasah aspal yang sangat mirip dengan aslinya. Apalagi Sucipto merupakan eks dosen Unitomo.

“Ini yang sedang kami cari pula. Kami ingin mengetahui apakah ada oknum dosen atau karyawan di Unitomo yang turut membantuusahapembuatanijasah Sucipto ini. Sebab, menurut informasi yang kami terima, Sucipto ini sengaja berhubungan dengan banyak pihak termasuk beberapa diantaranya yang bekerja di tiga perguruan tinggi yang ijasahnya dipalsukan tersebut. Hal ini tersangka lakukan, untuk mempermudah dalam mencari pelanggan atau orang yang memang mencari ijasah. Meski tidak mengetahui jumlah pastinya, namun sumber Polda Jatim mengatakan jika dari 1600 buatan tersangka, ada yang pesanan pejabat yang ingin mempermudah karirnya sehingga yang bersangkutan dengan sengaja memesan ijasah strata yang lebih tinggi. “Selain beberapa kliennya itu terdiri dari masyarakat biasa, ada juga beberapa pejabat dengan sengaja memesan ijasah palsu tersebut ke tersangka. Mungkin saja, ijasah palsu itu digunakan mereka untuk mendongkrak kedudukan para pejabat tersebut di tempat kerja mereka masingmasing,” ujar sumber BM. Menanggapi adanya pejabat, tokoh politisi hingga oknum guru sengaja membeli ijasah palsu tersebutdaritersangka,KanitIIHKI Subdit I Ekonomi Ditreskrimsus Polda Jatim, Kompol Andy Arisandi mengatakan, jika penyidikan polisi masih belum ke arah sana. Untuk itu, ia memilih untuk tidak berkomentar karena data-data nama pejabat hingga tokoh-tokoh politisi dan guru, belum ada. “Yang sedang kami perdalam saat ini adalah, tentang universitas yang sengaja didirikan tersangka di Malang itu. Dari sini banyak sekali hal menarik yang ingin kami ungkap sehingga kami bisa membongkar adanya tersangka lain yang masuk dalam jaringannya,” papar Sandi. Mengapa Subdit I Ekonomi

inginmendalamikampusabal-abal yang sengaja dibentuk tersangka di Malang tersebut? Andy kemudian menerangkan, jika tersangka ini mempunyai modus yang bisa membuatcalonkorbannyaterpikat dan akhirnya kliennya itu percaya. “Ada memang diantara para pemesan ijasah palsu ini yang terang-terangan minta dibuatkan ijasah,walaupunyangbersangkutan menyadari jika ijasah yang dimilikinya kelak adalah palsu. Namun, kami ingin menggali lebih lanjuttentangadanyabeberapaklien tersangka yang sebenarnya ingin kuliah hingga akhirnya memiliki ijasah,” tandas Andy. Kabarnya, lanjut Andy, mereka-mereka yang sebenarnya masih ingin meneruskan pendidikan di tempat tersangka ini tidak mengetahui jika para mahasiswa itu sudah menjadi korban penipuan tersangka. Begitu bertemu dengan calon mahasiswa di universitas abalabalnya di Malang, tersangka memberikanberbagaikemudahan bagi calon mahasiswanya mulai dari awal perkuliahan hingga yang bersangkutan lulus dan akhirnya wisuda. Namun, mereka yang benar-benar ingin kuliah tersebut tidak menyadari jika ijasah yang dipegangnya itu ternyata palsu. Terpisah,diMapoldaJatimsiang kemarin(14/6),terlihatrombongan mahasiswa, Wakil Rektor II Unitomo Dr Bachrul Amig dan sejumlahdosenUnitomoSurabaya. Kedatangan rombongan ini, selain inginmengucapkanterimakasihatas pengungkapan kasus ijasah palsu yang dilakukan tersangka tersebut, juga mendukung langkah polisi untuk bisa membongkar jaringanjaringannya. Dr Bachrul Amig secara terangteranganmenceritakanjikaSucipto inipernah menjadidosenUnitomo Surabaya, namun sekitar tahun 1990-antersangkaakhirnyadipecat. Alasanpemecatanadalahkeahliannyajualbelinilaidankuncijawaban ketika ujian ke para mahasiswanya. (bmb/pay/epe)

Sempat Diusir Security PT Adhi Karya Wartawan... Hingga saat ini, puluhan pekerja dari kontraktor PT Adhi Karya yang menangani proyek renovasi gedung pemprov itu masih terlihat sibuk mengepel dan membersihkan bocoran air itu. “Maaf Mas, tolong teman-teman wartawan jangan di sini. Kami masih sibuk membersihkan,” ujar salah seorang pekerja dengan nada mengusir wartawan. Salah seorang pelaksana lapangan proyek dari PT Adhi Karya yang tidak bersedia disebutkan namanya membantah kalau terjadi banjir. “Kami ini dalam proses mengetes semua alat hydrant di seluruh lantai gedung ini, apakah berfungsi baik atau tidak. Ternyata ketika diberi tekanan, ternyata hydrant tidak kuat dan jebol. Ini artinya kami harus perbaiki hydrant tersebut,” kilahnya. Namun, jawaban itu tidak memuaskan wartawan yang ruangannya tak jauh dari tempat kebanjiran. Sayang, ketika mencoba mengorek keterangan, mereka mendapat perlakuan kurang mengenakkan dari karyawan dan security PT Adhi Karya (salah satu pelaksana proyek renovasi gedung pemprov). “Anda motret-motret di sini dapat ijin dari siapa. Mohon pengertiannya, silakan pergi dari sini, kami sedang sibuk membersihkan air di ruangan ini,” cetus salah seorang karyawan PT Adhi Karya kepada wartawan yang akan

SAMBUNGAN HALAMAN 9

memasuki lokasi. Termasuk Berita Metro sendiri. Bahkan, wartawan Jawa Pos Siti Aisyah yang kebetulan bersama fotografernya Fedrik Tarigan yang masih berada di lokasi juga mengaku mendapat perlakuan kasar. “Tidak ada izinnya, wartawan dilarang motret. Ini masih dalam tahap renovasi belum diserahkan ke pemprov,” teriak karyawan perempuan PT Adhi Karya. Aisyah mengaku tangannya ditarik-tarik dan sempat didorong. Fotografernya pun dihalanghalangi untuk mengambil gambar. “Security, security tolong ini mereka diusir dari lokasi ini,” tutur Aisyah yang menirukan perkataan karyawan perempuan itu. Untuk diketahui, renovasi gedung sekretariat pemprov itu memiliki besaran pagu Rp 76,898 miliar. Setelah dilelang akhirnya dimenangkan dua perusahaan dengan nilai Rp 73 miliar. Pada 2010, telah cair sebesar Rp 10 miliar dan 2011 cair Rp 25 miliar. Proyek renovasi yang diawasi Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR) Provinsi Jatim ini sedianya ditargetkan selesai pada Juni 2012. Sebelumnya, travo pernah meledak dan nyaris membakar gedung pemprov berlantai delapan tersebut pada 7 November 2011. (vick/ bj/epe)

Air Laut Keruh sejak Pembangunan Dimulai SAMBUNGAN HALAMAN 9

Lagi... “Sejak proyek pembangunan pelabuhan dikerjakan, nelayan sekitar yang menjadi korban. Dampaknya sudah banyak dikeluhkan para nelayan,” kata Iwan, koordinator aksi. Menurutnya, air laut jadi keruh dan ekosistemnya rusak. Dan akibat lain, nelayan semakin sulit untuk mendapatkan ikan. Dengan

berbagai permasalahan yang ada, warga berharap pembangunan pelabuhan kusus yang sudah memasuki tahap tiang pancang dihentikan. Aksi pemblokiran ini mendapat penjagaan ketat dari personil kepolisian. Puas berorasi, massa kemudian membubarkan diri dengan tertib. (dts/epe)

Ari Ajukan Banding ke PT SAMBUNGAN HALAMAN 9

Ketua... “Menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan membantu perseorangan dengan memberikan gelar akademik,” kata hakim Unggul Ahmadi di depan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ririn. Vonis yang dijatuhkan memang lebih ringan 14 bulan dari tuntutan JPU. Meski mendapat putusan ringan, Ari Saptono tidak terima dengan keputusan hakim. Ia menyatakan putusan itu tidak fair. Pasalnya, hakim tidak pernah mempertimbangkan fakta yang terjadi selama persidangan. “Perlu dipertimbangkan, perkaranya adalah masalah sengketa kepengurusan yayasan ITATS,” terang Ari usai persidangan kemarin. Mendengar keterangan dari terdakwa, Unggul langsung menjelasakan bahwa kasus sengketa pengurus yayasan kampus di kawasan Klampis tersebut terjadi bukan pada wilayah pidana umum. Pihak majelis hanya memutus dugaan pemalsuan ijasah yang dikeluarkan Ari sebagai ketua yayasan yang tidak sah. “Sengketa pada keabsahan itu (kepengurusan ITATS) ada pada perkara perdata,” jelasnya.

Kurang puas dengan penjelasan tersebut, Ari dengan tegas mengajukan banding. “Ya saya akan banding,” lanjut Ari memotong ucapan Hakim Unggul. Ari sempat menegaskan, bahwa Abdul Dzikri sebagai Ketua Yayasan Pendidikan Teknik Surabaya (YPTS) yang merupakan pihak ketiga juga merupakan otak dibalik pembuatan ijasah illegal tersebut, terlebih Dzikri pernah melanggar hokum pada tahun 2005 lalu. “Abdul Dzikri pihak ketiga yang mengaku-ngaku pengurus yayasan yang sah, fakta ini tidak pernah dipertimbangkan oleh hakim,” ungkapnya. Diberitakan sebelumnya, Ari Saptono pengurus yayasan yang diduga hanya sebagai pelengkap alias palsu, bersama Kurniadi Rektor ITATS yang diangkatnya mewisuda sebanyak 228 mahasiswa pada 29 Oktober 2009. Padahal sebagai pengurus yayasan yang palsu, ia tidak berhak memberikan gelar sarjana kepada mahasiswa ITATS. Karena itu, Ia dipidana karena mengeluarkan ijasah dan memberikan gelar sarjana palsu.(arn/epe)

Dicecar 31 Pertanyaan oleh Penyidik Paulina... “Dalam pemeriksaan kalau tidak salah Bu Paulina diberi 31 pertanyaan,” kata Nur Fatah Syafii usai penyidikan kemarin. Terpisah, Advokasi Hukum Komunitas Wartawan Gresik (KWG) Aidid mengatakan, jika penetapan tersangka hanya seorang oleh petugas, patut dipertanyakan. Apalagi berdasarkan bukti rekaman, tindakan Paulina menghalang-halangi kerja wartawan meliput kebakaran di lokasi pabrik, tidak hanya seorang diri. Dalam potongan rekaman yang ada di KWG, tersangka dibantu oleh beberapa orang. “Pelaku bukan hanya Bu Paulina saja, itu kan ada temanya yang ikut membantu,” ungkapnya. Selain itu menurutnya pernyataan tegas juga terlontar dari mulut tersangka, bahwa Ia hanya menjalankan perintah atasan. Sehingga hal ini

SAMBUNGAN HALAMAN 9

bisa dijadikan alasan polisi untuk mengembangkan kasus ini. “Seharusnya polisi mengembangkan kasus tersebut, karena melihat pernyataan tersangka ia hanya menjalankan tugas dan yang berarti ada yang memerintah melakukan tindakan tersebut,” tandasnya. Diberitakan sebelumnya paska terjadinya tindak kekerasan perampasan kamera wartawan Jtv Paulina diperiksa sebanyak dua kali sebagai saksi. Sementara itu Kasat Reskrim Polres Gresik AKP Nur Hidayat beberapa waktu lalu mengatakan jika sudah diperiksa sebagai tersangka Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan akan segera di kirimkan ke Kejaksaan Negeri Gresik. “Secepatnya kami kirimkan, setelah bu Paulina diperiksa sebagai tersangka,” janjinya beberapa waktu lalu. (kho/epe)

Mimpi Menggelar Annual Tiap tahun Lahir... Dito pun berani mengaku (klaim) bahwa komunitas ITS Jazz itu merupakan komunitas musik jazz yang besar dan pertama ada di kalangan kampus di Indonesia. “Biasanya, komunitas seperti ini terbentuk di luar kampus, jadi baru kami yang pertama berbasis kampus,” papar mahasiswa kelahiran Pekalongan, 2 Mei 1990. Untuk lebih menguatkan komunitas tersebut, juga telah terbentuk sebuah band di dalamnya yang terdiri atas enam personel yang juga anggota komunitas ITS Jazz. “Ke depan, kami ingin menggelar sejumlah kegiatan tahunan (annual) yang cukup besar, agar komunitas ini terus bertahan dan makin berkembang,” urainya.

SAMBUNGAN HALAMAN 9

Dito yang didapuk sebagai pembetot bas sesuai keahliannya sejak SD itu menyebut serangkaian kegiatan itu antara lain klinik musik, performing, dan juga jamming dengan beberapa band di luar kampus. “Tidak menutup kemungkinan juga untuk jamming dengan grup band beraliran musik jazz yang cukup terkenal,” ujarnya. Selain itu, diskusi bulanan untuk “bagi-bagi” ilmu dan berbagai hal seputar musik jazz di Indonesia dan dunia, sehingga wawasan tentang jazz berkembang. “Ya, dengan makin banyaknya orang paham tentang musik jazz, maka kami harap musik jazz tidak asing lagi bagi masyarakat,” pungkasnya. (at/epe)


JUMAT, 15 JUNI 2012

16

METR

Anggap Polisi Tak Serius

Relakan Evan ke Barcelona SURABAYA (BM) – Kesempatan gelandang Tim PON Jatim, Evan Dimas menimba ilmu dari ke Spanyol pada pelatih Barcelona, Josep Guardiola disikapi positif KONI Jatim. Meski nama kapten Timnas U-17 itu sudah didaftarkan sebagai atlet cabang olahraga (cabor)sepakbolauntukPONXVIII/2012 Riau, September nanti, KONI mengijinkan Evan menuju Spanyol. Seperti diketahui, Nike The Chance 2012 resmi memilih Evan sebagai wakil Indonesia untuk diberangkatkan ke Barcelona, Spanyol. Dia akan tinggal di Spanyol selama tiga bulan mulai Agustus mendatang guna menjalani pelatihan langsung di bawah eks pelatih Blaugrana, Josep Guardiola. Evan nakan bersama dengan Rachmat Che Hashim dari Malaysia, Muhammad Faris Bin Ramli dari Singapura, dan Napapon Sripratep dari Thailand, sebagai wakil Asia Tenggara. Ketua Harian KONI Jatim, Dhimam Abror, menerangkan bahwa pihaknya tak begitu mempermasalahkan ada atau tidaknya konfirmasi dari panitia penyelenggara tersebut. “Evan memang sudah terdaftar saat entry by name atlet kita. Merupakan kerugian bagi kami, karena sudah tidak bisa digantikan atlet lain,” kata Abror di KONI Jatim, Kamis (14/6). “Kami tidak bisa mencegahnya berangkat ke sana karena kami tak punya hak untuk menghambat karir seorang atlet. Bagi kami, ini tetap kebanggaan bagi Jatim,” pungkasnya. (dek/ibn)

Kasus Kematian Bonek

Evan Dimas

Lima Pemain Cedera Mereka adalah dua gelandang Mario Karlovic dan Taufiq, serta striker Fernando Soler Andik mengalami cedera engkel dan Rendi mengalami masalah pada lututnya. Keduanya dalam penanganan khusus oleh fisioterapis Persebaya, M Yanizar. Sedangkan Karlovic, Taufiq dan Soler cedera usai pertandingan leg kedua perempatfinal Piala Indonesia lawan

Persik. Pelatih Persebaya, Divaldo Alves, mengakui bila beberapa pemainnya bakal absen karena cedera. “Memang mereka mengalami sedikit masalah. Sekarang lagi dievaluasi oleh tim dokter kami,” ucapnya. Absennya lima pemain itu mereduksi kekuatan tim. Sebab, kelimanya merupakan pemain andalan. Meski bakal tampil pincang, Persebaya langsung mengantisipasi utamanya lini

FOTO: BM/TOVAN BEKA

SURABAYA (BM) – Jelang lanjutan kompetisi Indonesian Premier League (IPL), Persebaya terancam kehilangan lima pemain. Padahal, Bajul Ijo akan menantang Persiba Bantul di Stadion Sultan Agung, Sabtu (16/6) besok. Selain Andik Vermansyah dan Rendi Irwan yang absen ketika menjamu Persik Kediri di Jogjakarta, Rabu (13/6), tiga pilar Persebaya lainnya juga cedera.

SPORT

Ita: Tindakan polisi menembakkan gas air mata itu sebenarnya malah membuat kepanikan di dalam stadion.

TEARNCAM ABSEN: Andik Vermansyah, Fernando Soler, Taufiq, Mario Karlovic, dan Rendi Irwan terancam tak bisa memperkuat timnya di laga IPL.

SURABAYA (BM) – Suporter Persebaya mulaibereaksiatas belum rampungnya pengungkapan kasus enam Bonek yang tewas. Terbaru mereka melakukan demonstrasi di Mapolda Jatim dan mendesak kepolisian bertindak cepat menyelesaikan kasus tewasnya suporter beratribut hijau itu. Sebelumnya, lima Bonek dilaporkan tewas setelah diserang saat mereka melakukan perjalanan menuju Bojonegoro, 10 Maret lalu. Pada 3 Juni lalu, satu Bonek kembali meregang nyawa karena terinjak-injak saat berebut keluar Gelora 10 Nopember. Atas kasus itu, puluhan Bonek berdemostrasi di Monumen Polri, Jalan Raya Darmo Surabaya, dan Mapolda Jatim. Ita Nasyiah, koordinator aksi, menilai polisi bersikap tidak adil. Mereka menganggap polisi tidak serius mengungkap kematian

para Bonek. Mereka lantas merujuk argumen kepolisian terkait kematian Purwo Adi Utomo yang menyebut penembakan gas air mata sudah sesuai prosedur. “Kami masyarakat yang seharusnya mendapat perlindungan dari polisi. Tindakan polisi menembakkan gas air mata itu sebenarnya malah membuat kepanikan di dalam stadion. Tak seharusnya polisi bertindak seperti itu. Selain menuntut polisi supaya menyelesaikan kematian Purwo Adi Utomo, kami juga ingin tahu perkembangan penyelidikan polisi atas tewasnya lima Bonek di Lamongan, “ ujar Ita. Kepala Pelayanan Markas Polda Jatim, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Rosa Tomasetiawati menegaskan bahwa polisi tidak lepas tanggung jawab. Hanya, tim pencari fakta butuh waktu untuk proses pengusutan dan mencari kronologis kematian para Bonek. “Kami tidak lepas tanggung jawab. Buktinya saat peristiwa pertandingan digelar, kami ada

tengah, dengan memanggil Walter Brizuela. Walter diharapkan mampu memegang kendali saat Taufiq dan Karlovic jika benar-benar absen. Sebagai penunjang, Walter kemungkinan akan didukung Jusmadi dan pemain muda, Aulia Ardli. Sedangkan sebagai

pengganti Andik dan Soler, nama Rian Wahyu dan Feri Ariawan siap unjuk kemampuan. “Meski demikian, kami akan lihat perkembangannya dari laporan tim dokter. Semoga ada kabar baik mengenai perkembangan mereka,” pungkas pelatih asal Portugal ini. (dek/ibn)

FOTO: BM/PAY

DESAK APARAT: Puluhan Bonek berdemo dengan memajang foto korban tewas.

pengamanan. Pasti ada pengusutan, tapi itu butuh proses

dan butuh waktu,” tutur Rosa . (pay/ibn)

Berita Metro  

Edisi Jumat, 15 Juni 2012

Advertisement