Page 1

Untuk Surabaya & Sekitarnya

13 JUMADIL AWAL 1435 H 15 MARET 2014

DZUHUR

ASHAR

MAGHRIB

ASYA’

04.14

11.45

14.54

17.54

19.05

Redaksi/Pemasaran/Iklan: Gedung Jawa Pos Lt 3 Jl. Karah Agung 45 Surabaya Telepon: (031) 8271624, 8270967, 8270961, 8271667, Fax: 031 8270967

1 MARET 2000 - 1 MARET 2014

SABTU

SUBUH

HARGA ECERAN Rp. 3.500,-

Koran Warga NU

Dari Abu Hurairah r.a. berkata: Rasulullah saw bersabda, “Setiap hamba Allah melewati waktu paginya, tentu ada dua malaikat yang turun berdoa. Yang satu berdoa, “Ya Allah, berilah ganti (balasan yang berlipat) kepada orang yang suka memberi (dermawan).” Malaikat yang kedua berdoa, “Ya Allah, berilah kepada orang yang kikir itu kehancuran dan kemusnahan pada hartanya.” (Bukhari - Muslim)

Pengasuh: KHA Musta’in Syafi’i, MAg

Terjemah al-Ra’d: 7

Beri Anak Anda iPad, Anda akan Disepelekan Terjemahan al-Ra’d: 7 Orang-orang yang kafir berkata: “Mengapa tidak diturunkan kepadanya (Muhammad) suatu tanda (kebesaran) dari Tuhannya?” Sesungguhnya kamu hanyalah seorang pemberi peringatan; dan bagi tiaptiap kaum ada orang yang memberi petunjuk. Tafsir Masih membicarakan orang-orang kafir yang terus menuntut nabi Muhammad agar begini dan begitu, baru mereka mau beriman. Pernah menuntut agar mereka reinkarnasi total, dalam artian kembali bayi lagi dengan ruh yang sama, tapi bodi baru. Pernah meminta agar al-Qur’an turun dari langit berupa kertas bertuliskan huruf-huruf yang mudah dibaca. Pernah memintya agar bukit Shafa diubah menjadi emas. Yang congkak, mereka menantang agar segera ditimpa azab jika mereka salah. Hal itu untuk membuktikan siapa yang benar dan siapa yang salah, dan dalam ayat ini, mereka kembali meminta agar turun ayat sebagai bukti yang bisa disaksikan.

 Bersambung ke Hal. 11

PKB Siap Pimpin Indonesia Jakarta-HARIAN BANGSA Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa Marwan Jafar mengatakan partainya siap ikut memimpin Indonesia ke depan karena kepemimpinan Indonesia yang berpotensi ke depan adalah mengombinasikan kekuatan nasionalis dan riligius. “PKB siap ikut memimpin Indonesia karena secara religius nasionalis dari sisi ormas diwakili Nahdatul UlaMarwan Jafar ma (NU), dan dari partai diwakili PKB,” katanya di Jakarta, Jumat. Marwan mengatakan PKB sebagai salah satu partai yang berideologi nasionalis religius siap turut serta dalam memperbaiki pembangunan bangsa Indonesia ke depan.

Puan Maharani (tengah) didampingi Tjahyo Kumolo (kanan) dan Ahmad Basarah (kiri) ketika menyampaikan mandat pencapresan Jokowi.

Capreskan Jokowi, Megawati Langgar Komitmen

Banyak Cibiran dan Dukungan Jakarta-HARIAN BANGSA Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) secara resmi kemarin member mandate kepada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk maju sebagai calon presiden dari PDIP. Penunjukan oleh Megawati Soekarnoputri yang juga Ketua Umum PDIP ini langsung menimbulkan silang pendapat di kalangan internal mapun eksternal PDIP sendiri. Ketua Umum DPP PDIP Megawati

Soekarnoputri pun memberi tiga perintah harian sebagai upaya mengegolkan Jokowi sebagai capres. Perintah harian yang dibacakan oleh Ketua Badan Pemenangan Pemilu Puan Maharani ini dibacakan pada Jumat (14/ 3) di Jakarta. ‘Perintah Harian. Saya Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Kepada seluruh rakyat Indonesia yang mempunyai mata hati dan kejujuran di mana pun berada.

1. Dukung Jokowi sebagai capres PDIP. 2. Jaga dan amankan jalannya pemilu legislatif. Terutama di TPS-TPS dan proses perhitungan suara. Dari segala kecurangan dan intimidasi. 3. Teguh dan tegakkan hati mengawal demokrasi di republik tercinta. Joko Widodo pun akhirnya juga mendeklarasikan diri sebagai calon presiden.

DALAM rangka menyukseskan penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) 2014, Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf menghimbau warga agar tidak golput dalam pemilu yang d igelar bulan mendatang. “Saya berpesan kepada para jamaah semuanya, mari sukseskan pemilu dengan tidak golput dan gunakanlah hak pilih sebaik-baiknya,” seru Habib Syech di hadaHabib Syech bin pan sekitar 10.000 Abdul Qodir Assegaf jamaah di alun-alun mapolres Karanganyar, Jawa Tengah. Habib Syech secara khusus tidak memberikan instruksi untuk memilih dan mendukung partai manapun, baik dalam pileg maupun pilpres mendatang. Bersambung ke Hal.11

Yang Penting Bertelur SEORANG kiai muda dimarahi habis oleh Kiai sepuh gara-gara mengundang seorang pejabat pemerintah yang dinilai korup karena dulunya bekas preman. “Ya memang sampeyan itu keterlaluan kok” kata seorang kiai muda lainnya. “Berani menghad irkan preman, sampai membuat Hadratusy Syaikh marah besar, sehingga saya dikira ikut ikutan,”tambahnya.

Bersambung ke Hal.11

Joko Widodo saat mendeklarasikan dirinya sebagai calon presiden dari PDIP.

KPK Sita Rumah Anas Urbaningrum

 Bersambung ke Hal. 11

Tak Instruksikan Pilih Siapapun

Bersambung ke Hal. 11

Jakarta-HARIAN BANGSA KPK menyita dan menyegel rumah Anas Urbaningrum di Jl Selat Makasar, Duren Sawit, Jakarta Timur. Ternyata rumah itu dibeli atas nama mertua Anas, KH Attabik Ali yang juga merupakan pimpinan pondok pesantren Ali Maksum, Krapyak, Yogyakarta.

Petugas KPK menempelkan tanda sita pada rumah Anas di Duren Sawit, Jakarta Timur.

Bersambung ke Hal. 11

Partai Golkar Paling Banyak Padahal, moratorium tersebut sudah diteken oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Penyiaran Indonesia (KPU) pada 28 Februari 2014.

Komisioner KPI Idy Muzayyad mengatakan, pantauan KPI dari tanggal 1 hingga 11 Maret ditemukan iklan kampanye dan politik yang dipasang oleh 10 parpol.

Bersambung ke Hal. 11

SBY Mulai Kesal dengan Kabut Asap

Riau Jadi seperti Subuh Sepanjang Hari Kabut asap yang mengepung Riau dirasakan kian menebal. Bahkan ketebalan asap sudah memasuki ambang batas kesehatan. Bahkan sudah ada usulan agar warga Riau diungsikan untuk menjaga kesehatan mereka. WARGA Riau pun kini tak bisa berbuat banyak. Mereka hanya bisa pasrah menerima nasib. Upaya yang dilakukan pemerintah dan pihak-pihak terkait sama sekali tidak membawa hasil. Rosita, warga Pelalawan mengatakan dirinya sudah lama tidak melihat sinar matahari. “Seperti subuh saja sepanjang hari, tidak terlihat matahari,” katanya Jumat (14/3).

Bersambung ke Hal. 11

Hadiah Diserahkan Hari Ini PARA pemenang lomba karya tulis tentang NU yang d igelar HARIAN BANGSA dan Lakpesdam NU Sampang untuk memperebutkan Tropi Mahfud MD dan uang tunai total Rp 21 juta (bukan Rp 19 juta seperti diberitakan sebelumnya) hari ini diserahterimakan.

Bersambung ke Hal. 11

Pelanggaran Moratorium Iklan Politik

Jakarta-HARIAN BANGSA Sejak moratorium iklan kampanye dan iklan politik disepakati, hampir semua partai politik tetap memasang iklan politik di lembaga penyiaran hingga 11 Maret 2014.

Lomba Karya Tulis NU se-Jawa Timur

Kondisi Riau saat siang hari tak disinari matahari.

Eddies Adelia

Perbanyak Zikir agar Tenang EDDIES Adelia bisa kapan saja dijebloskan ke penjara, mengingat statusnya kini telah menjad i tersangka.

Bersambung ke Hal. 11


HARIAN BANGSA SABTU, 15 MARET 2014

2

Surabaya masih Banjir

Buruk, Kajian Amdal Drainase Kota Surabaya-HARIAN BANGSA Penanggulangan masalah banjir sepertinya masih menjadi persoalan klasik bagi Kota Surabaya. Hampir tiap kali hujan lebat turun, dipastikan terdapat beberapa kawasan yang terendam banjir. Tidak hanya ruas jalan utama, banjir juga merendam jalan alternatif. Ketua Komisi C (pembangunan) DPRD Surabaya, Sachiroel Alim anwar menyatakan, banjir yang terjadi di Surabaya dalam beberapa waktu terakhir merupakan imbas dari buruknya kajian analisa dampak lingkungan (Amdal) drainase oleh pemerintah kota (Pemkot).

Ia meminta pemkot secara serius mengkaji masalah tersebut. Sebab jangan sampai, akibat egoisme yang d itunjukkan para pengembang dalam meninggikan kawasannya, kemudian warga sekitar yang menjadi korbannya. “Munculnya titik titik genangan baru di beberapa kawasan itu adalah bukti nyata. Salah satunya di Surabaya Barat. Untung saja teknologi yang dimiliki pemkot sangat baik,” kata Alim, Jumat (14/3). Selain surabaya barat, beberapa kawasan seperti Margorejo, hayam wuruk, bratang, Mayjen Sungkono, Darmo Satelit, Lontar, Simo, Medokan Ayu, Rungkut, Gunung sari, Cili-

Mahasiswa Universitas Nagoya Kuliah di Surabaya SURABAYA - Sebanyak 14 mahasiswa pasca sarjana Universitas Nagoya bersama delegasi Next Edu Surabaya pada Jumat (14/3) kemarin berkunjung ke Balai Kota Surabaya. Mereka diterima langsung wali kota Surabaya yang didampingi Asisten Sekkota I, Yayuk Eko Agustin, Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Ikhsan, Kabag Kerja Sama, Ifron Hadi Susanto dan Kabag Humas, Muhammad Fikser. CEO Next Edu Surabaya, Munif Chatib yang mendampingi pimpinan dari Universitas Nagoya seperti Profesor Nishino Setsuo, Profesor Mina Hattori dan Doktor Andy Bangkit Setiawan, menyambut baik respon positif dari walikota Surabaya. Dijelaskan oleh Munif, kunjungan mahasiswa pasca sarjana Universitas Nagoya ke Surabaya untuk melakukan observasi sebelum mengikuti program yang diadakan oleh kampus. Menurutnya, Surabaya menjadi pilihan karena pihak Universitas Nagoya tertarik setelah paparan yang dilakukan Next Edu Surabaya. “Jadi di Universitas Nagoya itu ada program unik, namanya we’ll be in Asia. Mereka nanti kuliah di sana satu semester saja, dan semester berikutnya di Surabaya. Programnya mulai jalan pada September 2014 mendatang. Selama kunjungan pertama ini mereka melakukan fact finding observasi,” ujar Munif. (yul/ros)

Tri Rismaharini Jadi Jurkam PDI-P SURABAYA-Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akan jadi juru kampanye (jurkam) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) di Surabaya, Senin 17 Maret 2014. Wakil Wali Kota Whisnu Sakti Buana mengatakan, PDI-P mendapat jatah kampanye selama 5 hari di Surabaya. Whisnu dan Risma, sama-sama mendapat bagian dalam kampanye menjelang Pemilu 9 April. “Untuk tanggal 17 nanti, ibu wali yang mengajukan cuti [kerja], empat hari sisanya saya [kampanye],” ujarnya usai mengikuti paripurna di DPRD Kota Surabaya, Jumat (14/3). Whisnu menjelaskan lima hari jatah kampanye yakni pada 17, 21, 26, dan 30 Maret serta pada 4 April 2014. “Saya terhitung 3 hari cuti (untuk kampanye 4 hari) karena satunya adalah hari Minggu,” imbunya. Kampanye akan digelar di Gelora Pancasila dan Lapangan Thor Gedung Olah Raga Pancasila di Jl Indragiri Surabaya. Rencananya, DPP PDI-P dan Gubernur DKI Joko Widodo bakal hadir dalam kampanye ini.(lan/ros)

Hari Ini, KPU Gelar Konvoi Damai SURABAYA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur bakal menggelar pembukaan kampanye damai pemilihan umum secara serentak pada Sabtu (15/3) siang ini. Kampanye damai yang diikuti seluruh partai politik serta calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) akan digelar dengan cara pawai dan dimulai sekitar pukul 13.00 wib dari lapangan Markas Kodam V/Brawijaya. Choirul Anam, Komisioner Devisi Teknis dan Data KPU Jawa Timur, Jumat (14/3) mengatakan, pawai damai kali ini akan digelar dengan arak-arakan mobil hias dari seluruh peserta pemilu. "Masingmasing parpol kami batasi maksimal 25 mobil dan untuk DPD maksimal 10 mobil. Kampanye ini hanya untuk mobil, sepeda motor, becak, maupun sepeda gunung dilarang ikut," kata Coirul Anam. Rute yang akan dilalui dalam pawai kampanye damai kali ini adalah dari markas Kodam V/Brawijaya lantas menuju ke Jl. Hayam Wuruk; Jl. Ciliwung; Jl. Raya Darmo; Jl. Urip Sumoharjo; Jl. Basuki Rahmad; Jl. Embong Malang; Jl. Blauran; Jl. Bubutan; lantas memutar di Monumen Tugu Pahlawan; kemudian mengarah ke Jl. Pahlawan; Jl. Gemblongan; Jl. Tunjungan; Jl. Gubernur Suryo; Jl. Panglima Sudirman; Jl. Urip Sumoharjo; Jl. Raya Darmo dan finish di Taman Bungkul. (ssn/ros)

BNNP Kenalkan Bahaya Narkoba Pada Anak TK dan PAUD SURABAYA-Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Timur mulai mengenalkan bahaya narkoba kepada anak usia dini yang duduk di bangku TK dan PAUD. Kasi Desiminasi Informasi BNNP Jatim Destina Kawanti mengatakan, penyuluhan bahaya narkoba untuk anak usia dini merupakan program baru BNNP Jatim di tahun 2014. Karena sebelumnya masih penyuluhan pada siswa SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi dan pondok pesantren. “Progam penyuluhan bahaya narkoba untuk anak usia dini bakal dimulai bulan ini. BNNP anak menggandeng LSM anak serta bekerjasama dengan instansi pendidikan TK dan Paud, dan melibatkan orangtua,” kata dia. “Untuk PAUD dan TK, rata-rata siswa masih ditemani orang tuanya jadi kita libatkan pula dalam progam ini. Para orangtua juga bakal diberi materi bagaimana menjaga anak supaya jangan sampai tersangkut masalah narkoba,” ujar dia. (ssn/ros)

Pemimpin Umum: M Mas’ud Adnan Pemimpin Redaksi: Abdurrahman Ubaidah Redaktur Pelaksana: Nur Syaifudin Redaktur: Nur Syaifudin, Rosihan Choirul Anwar, Nur Faishal, Musta’in

wung, Balongsari, Jemursari, Tanjungsari juga kerap menjadai langgana banjir bila hujan lebat. “Untuk ketinggiannya memang bervariasi. Mulai betis orang dewasa hingga pinggang orang dewasa. Akibatnya, banyak motor mogok akibat nekat menerjang genangan air,” ungkapnya. Terkait penanggulangan banjir, Alim menilai, sebenarnya tidak terletak pada canggih tidaknya teknologi yang dimiliki pemerintah kota. Tapi bagaimana caranya mengelitasi kawasan rawan banjir secara grafitasi. Sebab dalam setiap operasional rumah pompa alokasi yang harus dikeluarkan tidak sedikit.

Oleh karena itu, ia mendesak pemerintah kota agar segera mencarikan jalan keluar cara mengatasi banjir di Surabaya tanpa menggunakan alat pendorong seperti rumah pompa. “Harapan kami, mari kita membangun energi yang tepat guna tapi juga efisien dalam anggaran,” harapnya. Sekretaris Kota (sekkota) Surabaya Hendro Gunawan menegaskan, pemerintah kota berusaha semaksimal mungkin dalam mencegah terjadinya banjir di Surabaya. Salah satunya dengan menambah rumah pompa baru seperti d i Sememi, Balongsari, Kara. “Kalau untuk penggantian pompa baru, bisa dilihat di

Dinoyo dan Darmo Kali. Tapi untuk jumlah pastinya, tanya ke Bu erna (kepala Dinas PU bIna marga),” kata Hendro Gunawan. Cara lainya, pemerintah kota saat ini mulai menyelaraskan pembangunan pedestrian dengan saluran yang ada di tepian. “kalau utnuk kawasan kuda-kuda dan jalan salak, itu sudah dari dulu ada genangan. Cuma kemarin lumayan tinggi genangannya karena curah hujan yang begitu tinggi,” terangnya. Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengaku memiliki kiat tersendiri dalam mengantisipasi banjir di kota pahlawan. Di antara-

nya, dengan menjaga stabilitas pembangunan dengan lingkungan sekitar. Risma menegaskan, pekerjaan rumah (PR) yang harus ia selesaikan dalam menangani ancaman banjir sebenarnya cukup berat. Sebab dirinya dihadapkan dengan beberapa bengunan lama yang sudah lama berdiri. Sebagai solusinya, pihaknya kemudian membuat beberapa sungai baru di beberapa lokasi yang sudah terbangun. “Cara lain, saya bersama Bu Erna (kepala dinas PU Bina Marga, red) selalu bagi shift. Jadi ketika ada banjir kita selalu siap kapan pun itu,” kata Rima waktu itu.(lan/ros)

Madali Gantikan Habibah di Dewan

PDIP Optimis PAW WS Berhasil Surabaya-HARIAN BANGSA Madali Badiri, akhirnya dilantik menjadi Anggota DPRD Surabaya melalui proses Pergantian Antarwaktu (PAW), kemarin (14/3). Madali yang berada di urutan kedua perolehan suara terbanyak setelah Camel ia Habibah pada pemilu 2009 silam, berhak menggantikan Camelia. Meski mengaku kaget dengan pelantikannya, Madali mengaku senang meskipun nantinya hanya bertugas selama sekitar 6 bulan. Rencananya Madali akan menempati komisi B. Di komisi yang membidangi masalah perekonomian ini, Madali akan aktif di dalamnya. Lelaki yang pada pemilu 2014 sudah tidak menjadi caleg ini, mengatakan akan melakukan fungsi kontrol dan pengawasan terhadap Pemkot Surabaya. "Saya akan aktif melakukan pengawasan terhadap program dan kebijakan Pemkot Surabaya,"ujarnya.

Prosesi pelantikan Madali Badiri di Gedung Dewan Surabaya. Foto:reprossn/HARIAN BANGSA Di sisi lain, meski telah ditolak Gubernur Jatim, Soekarwo, DPC PDI Perjuangan Surabaya optimis proses pergantian antar waktu (PAW) Whisnu Sakti Buana (WS)

masih bisa diterima. Pasalnya, surat usulan diajukan jauh-jauh hari sebelum tenggang waktu berakhir 24 Februari. Itu artinya, Siti Mariam yang diusung sebagai

pengganti masih bisa berafas lega. Sesuai undang-undang nomer 27 tahun 2010 tentang PAW dijelaskan bahwa pengajuan surat usulan PAW harus

dilakukan enam bulan sebelum masa aktif kerja dewan selesai. Itu artinya, PAW WS yang diajukan pada 10 Februari belum melewati batas waktu. Sebab, batas terakhir adalah 24 Februari. "Jadi dihitung mulai proses, sehingga surat diterima tanggal 10 oleh DPRD itu tidak terlambat, sebetulnya masih bisa diproses," jelas Ketua DPC PDI Perjuangan, Whisnu Sakti Buana saat ditemui di Gedung DPRD Surabaya, Jumat (14/3). Terpisah, Ketua DPRD Surabaya, Muchammad Machmud dengan tegas menjelaskan PAW WS sudah tidak bisa diproses. Hal itu karena melewati batas terakhir pengajuan PAW. Meski begitu, pemberhentian WS dari keanggotaan DPRD Surabaya sudah sah. Ditolaknya PAW tidak berpengaruh terhadap pengunduruan WS. "Jadi batas terakhir itu terhitung SK turun, bukan dari pengajuan," ujarnya singkat. (lan/ros)

PNS Dilarang Anggota Dewan Terbelah Terlibat Kampanye Pemilu Polemik Jadwal Reses di Masa Kampanye Terus Bergulir Surabaya–HARIAN BANGSA Pelaksanaan reses yang berlangsung tanggal 28 Maret – 4 April 2014 atau berbarengan dengan waktu kampanye legislatif terus menjadi polemik. Anggota Dewan pun terbelah antara yang pro dan kontra dengan jadwal reses kali ini. Puncaknya, usulan salah satu anggota Badan Kehormatan (BK) DPRD Jatim agar BK mengirimkan surat ke Badan Musyawarah (Banmus) dan Pimpinan Dewan untuk menunda reses yang bertepatan dengan masa kampanye ternyata tidak ditanggapi oleh Ketua BK DPRD Jawa Timur. Bambang Gatot Djayaprana, Ketua BK menegaskan bahwa wacana BK mengirimkan surat ke Banmus dan Pimpinan Dewan untuk menunda jadwal reses menurutnya merupakan usulan personal dari anggota BK saja. Bukan merupakan keputusan dari institusi BK. “Itu suara personal saja. Usulannya Pak Kodrat Sunyoto saja. Bukan suara institusi.

Usulan itu harus dirembukkan terlebih dahulu di internal BK,” kata Bambang Gatot Djayaprana, kemarin. Bambang menambahkan, sebenarnya BK DPRD Jawa Timur akan melakukan rapat internal kemarin (14/3), hanya saja menurutnya yang mewacanakan agar BK mengirimkan surat pendundaan reses tidak bisa untuk rapat internal. Rapat internal itu akhirnya batal di gelar. “Rencananya hari ini (kemarin,red), kita melakukan rapat. Tapi, Pak Kodratnya nggak bisa. Kalau hari senin, sayanya nggak bisa. Tak minta supaya yang lain, mimpin rapat, nggak ada yang mau,” elaknya. Soal jadwal reses yang menjadi polemik utama, politisi dari Partai Gerindra ini berada pada kubu yang mendukung pelaksanaan reses yang bertepatan dengan jadwal kampanye. Pihaknya menyampaikan harus menghormati keputusan yang sudah ditetapkan oleh Banmus. Wakil Ketua DPRD Jawa Timur

Faf Adisiswo menjelaskan bahwa hingga saat ini pimpinan Dewan belum menerima surat dari BK terkait usulan peninjauan ulang jadwal reses anggota dewan Jatim tahap pertama. “Tidak ada surat masuk ke pimpinan dewan dari BK terkait masalah peninjauan ulang jadwal reses,” urainya Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jatim itu meminta yang tidak setuju dengan jadwal reses yang sudah ditetapkan, sebaiknya tidak memprotes saja melalui lisan. Menurutnya alangkah lebih baiknya jika protes tersebut dilakukan secara tertulis dan di sampaikan ke ketua fraksi masing – masing. “Jadi kalau Freddy Poernomo, Kartika Hidayati, Sabron Djamil, Ali Mukti dan yang lainnya tidak mengambil reses pasti akan didiskusikan lagi di pimpinan dewan mengenai kelanjutan pelaksanaan reses. Kalau semua anggota Dewan tidak mengambil, ya resesnya d i tunda,” tandasnya. (mdr/ros)

Surabaya - HARIAN BANGSA Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jatim, Akmal Budianto meminta 600 ribu orang PNS se-Jatim agar netral dan tidak terlibat langsung pada kampanye aktif Pileg 2014, pada 16 Maret-5 April. "Jika ketahuan ada keterlibatan PNS dalam kegiatan politik, maka pemprov siap memberikan sanksi tegas terhadap oknum PNS tersebut," tegasnya, Jumat (14/3). Akmal menjelaskan, imbauan netral itas PNS di Jatim dilandasi adanya surat edaran dari Gubernur Jatim Soekarwo. "Sudah ada surat edaran dari gubernur, agar PNS tetap netral dalam kegiatan kampanye," kata mantan Sekretaris DPRD Jatim ini. Kendati demikian, Akmal juga menyampaikan hanya PNS yang mendapatkan surat tugas resmi dari pimpinan di atasnya boleh

menjalankan kegiatan, namun PNS tersebut tetap harus menjadi peserta pasif. Akmal mencontohkan, PNS yang menjalankan tugas resmi, mendampingi kegiatan kedewanan. Dia mengingatkan pegawai negeri sipil di wilayah itu untuk tetap netral dalam pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif, 9 April 2014. Karena itu, PNS yang juga bagian dari anggota masyarakat, tentu mereka memiliki hak pilih, tapi hak tersebut harus bisa dipergunakan secara proporsional dan terukur, dalam konteks sendi demokrasi kebangsaan. Akmal menambahkan, dalam kond isi tertentu, sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) memiliki tugas dan tanggung jawab terkait persiapan dan pelaksanaan pemilu legislatif, namun tetap harus menjaga netralitasnya. (ssn/ros)

Status Tanggap Darurat Kelud Dicabut Surabaya-HARIAN BANGSA Pemprov Jatim mencabut tanggap darurat penanganan erupsi Gunung Kelud (1.731 mdpl) setelah seluruh proses rehabilitasi rumah dinyatakan tuntas 100 persen per 14 Maret 2013. Gubernur Jatim Soekarwo (Pakde Karwo) memastikan soal pencabutan tanggap darurat itu. “Perbaikan rumah sesuai target. Makanya statusnya dicabut. Kewajiban Pemprov Jatim untuk memperhatikan mereka tetap seperti biasa,” ujar Pakde Karwo kepada wartawan, ditemui usai Salat Jumat, kemarin (14/3). “Masyarakat dan daerah yang terkena dampak erupsi Gunung

Warga sedang membersihkan debu dari atap asbes rumahnya. Foto:istimewa

Kelud, seperti Blitar, Kediri dan Malang akan tetap dipantau dan diperhatikan,” lanjutnya. Ia menyebut, selama tanggap

Staf Redaksi: Sofyan Hadi, Rochmatun Nisa, Maulana, Rusmiyanto, M. Didi Rosadi, M Hayan Dewan Redaksi: H Abdul Wahid Asa, M Mas’ud Adnan, Abdurrahman Ubaidah Koordinator Liputan: Rosihan Choirul Anwar Sidoarjo: Daryanto Mojokerto: Ahmad Gunadi, Rochmad Saiful Aris, Yudi Eko Purnomo Jombang: Adi Susanto Gresik: M Syuhud Almanfaluty, M. Shofi’i Lamongan: Haris Sugianto, Azharil Farih Tuban : Suwandi Bojonegoro: Nur Hadi Sampang: Ahmad Bahri Pamekasan: Rizal Pasuruan: Bambang Darma Widjatmoko, Sulistyawan Bondowoso: Sugiyanto Situbondo: Hadi Prayitno Jember: Yudhi Indrawan Probolinggo: Andi Sirajuddin Lumajang: Imron Ghozali Blitar: Try Susanto Kediri: Arif Kurniawan Nganjuk: Bambang DJ Madiun: S Setyawan Dhani Magetan: Nanang Ari Purnomo Tulungagung: Agus Dwi Cahyono Iklan: Yuni, Kemal Rizal, Doni Sujito Pemasaran/Sirkulasi: Kemal Rizal, Nur Ali Pracetak: M Dikman (Kepala), Althof, Haksni, Aulia Rachman, Robby Yanto.

darurat jumlah rumah rusak yang direhabilitasi terus meningkat. Dari angka sekitar 8 ribu rumah, naik menjadi 12 ri-

bu dan terbaru menjadi 14 ribu lebih rumah. Hal ini tidak lepas dari banyaknya warga yang berharap adanya perbaikan rumahnya tidak termasuk dalam data awal. Pakde Karwo menilai itu bukan sebuah masalah dan pemerintah tetap akan membantunya. "Semula yang terasnya terkena sebagian tidak termasuk data rehabilitasi, tapi karena minta ada perbaikan maka pemerintah juga memperbaikinya. Syukurlah semua sudah terselesaikan," katanya. Sedangkan untuk masalah air bersih bagi penduduk yang semula ditangani pemerintah, kini diambil alih oleh Kostrad

di bawah kendali Pangkostrad Letjen TNI Gatot Nurmantyo. Sementara itu, dengan dicabutnya penanganan tanggap darurat bencana Gunung Kelud maka posko induk di Gedung Negara Grahadi juga ditutup. Sejumlah logistik yang masih tertumpuk di posko juga telah disalurkan ke daerah bencana. "Posko di Grahadi sudah selesai, namun data-data dan perkembangan tetap akan dipantau. Sebelum ini masih banyak sumbangan yang masuk dan sekarang kami mohon maaf karena sudah selesai," kata Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf. (nis/ros)

Komisaris: Ali Maschan Moesa, Masyhudi Muhtar, H Muid Direktur Utama: Juniarno D Purwanto Direktur: M Mas’ud Adnan, H Abdul Wahid Asa. Pemimpin Perusahaan: M Dikman Alamat Redaksi/Pemasaran/Iklan: Gedung Jawa Pos lantai 3 Jl Karah Agung 45 Surabaya, Telp: (031) 8271624, 8270961, 8271667, Fax: 031 8270967, Website: www.harianbangsa-online.com Email:bangsa2000@yahoo.com, harianbangsa@gmail.com Tarif Iklan: Display colour Rp. 45.000/mmk, Display BW: Rp. 25.000/mmk, Iklan spot 2 warna: Rp. 35.000/mmk, Sosial/Duka Cita: Rp. 10.000/mmk, Iklan Baris Rp. 10.000/baris Harga Langganan: Rp. 80.000/bulan, Harga Eceran (Pulau Jawa): Rp. 3.500/eks. Luar Jawa: plus ongkos kirim. Perwakilan Jakarta: Jl. Kebayoran Lama 12 Jakarta Selatan Telp: 021-5349311-15 . Fak: 021-5349207 Percetakan: PT Temprina Jawa Pos . No. Rekening: BRI 041201000321308 a/n PT DUTA BANGSA INTERMEDIA PERS.


HARIAN BANGSA

3

SABTU, 15 MARET 2014

611.000 Relawan Awasi Pemilu J A K A R TA - B a d a n Pengawas Pemil ihan Umum (Bawaslu) melantik 611 ribu orang pemilih muda menjadi relawan pengawas pemilu. Bawaslu berharap, jumlah tersebut masih bertambah lagi. "Ini gerakan moral untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2014. Muhammad Bawaslu ingin mengembalikan pemilu kepada rakyat," ujar Ketua Bawaslu Muhammad sebelum apel Gerakan Sejuta Relawan Pengawas Pemilu 2014 di Istora Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (14/3) malam. Relawan merupakanberasal dari kalangan mahasiswa dan pelajar dari seluruh daerah di Indonesia. Ia mengatakan, jika pemilu terawasi secara maksimal, maka legitimasi anggota legislatif dan presiden akan semakin kuat. Muhammad menuturkan, ribuan relawan itu tidak dibayar untuk mengawasi pelaksanaan pemilu."Modal mereka hanya tanda pengenal yang ditandatangani Ketua Bawaslu," katanya. Dia mengatakan, relawan pengawas akan dibekal i prosesur pemantauan dan cara melapor dugaan pelanggaran ke pengawas pemilu. Hadir dalam acara pelantikan tersebut seluruh anggota Bawaslu, Ketua Komisi Pemil ihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik, Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Nur Hidayat Sardini dan Direktur Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik Tanri Balilamo. (mdk/dur)

KPU Jadwalkan Pilpres 9 Juli JAKARTA - Komisi Pemil ihan Umum (KPU) telah menetapkan Peraturan nomor 4 tahun 2014 tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum presiden dan wakil presiden 2014. Dalam aturan yang diundangkan pada 5 Maret 2014 itu, pemungutan suara pemilu presiden dijadwalkan pada 9 Juli 2014. "Peraturan KPU tentang tahapan pemil ihan umum presiden beserta tahapannya sudah tertuang dalam PKPU 4/2014," kata Komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, Jumat (14/3). Tahapan pelaksanaan pilpres dimulai dengan penyusunan dan pemutakhiran daftar pemilih. Rekapitulasi DPT Pilplres dijadwalkan pada 12 hingga 13 Juni 2014. Sementara tahap pencalonan diawali dengan penetapan jumlah dukungan perolehan suara dankursi untuk pencalonan presiden dan wakil presiden pada 17 Mei 2014. KPU akan mengumumkan masa pendaftaran calon presiden pada 11 sampai dengan 17 Mei 2014. Pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil presiden dibuka KP dari 18 sampai 20 Mei 2014. Dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan pasangan calon pada 19 hingga 23 Mei 2014. Setelah itu, pasangan capres menyerahkan dokumen dan kelengkapan persyaratan sebagai capres. Yang aan diverifikasi KPU pada 26-29 Mei 2014. Nama-nama pasangan calon presiden dan wakil presiden akan ditetapkan KPU pada 31 Mei 2014. Mereka akan mengambil nomor urut pada 1 Juni 2014. (rol/dur)

KAMPANYE Polres Turunkan 600 Personel BANYUWANGI–Untuk mengamankan kegiatan kampanye Pileg 2014, Polres Banyuwangi turunkan 600 personel gabungan. Kampanye dimulai Sabtu 15 Maret 2014, diawali dengan kirab kampanye damai yang melalui jalur-jalur protokol di Banyuwangi. Kapolres Banyuwangi AKBP Yusuf, S.IK ketika ditemui di ruang kerjanya Jumat (14/3) menjelaskan, kegiatan kampanye sudah mulai digelar Minggu 16 Maret 2014. Titiktitik rawan adalah di kecamatan yang padat penduduknya, seperti kecamatan Muncar, Genteng dan Banyuwangi. “Dari 4 lokasi kampanye pada hari Minggu tersebut, belum ada jurkam nasional yang datang ke Banyuwangi. Karena memang belum ada pemberitahuan dari partai-partai peserta pemilu yang menyatakan bahwa kampanye akbar pertama ada jurkam nasional yang hadir,” ungkap Yusuf. Dari kesepakatan yang sudah dibuat antara partai peserta pemilu, KPUD, Panwaslu, dan Forpimda untuk pelaksanaan kirab kampanye damai Sabtu hari ini, masing-masing partai hanya diperbolehkan membawa maksimal 10 kendaraan roda 4. Dari 10 kendaraan tersebut, 9 mobil tertutup dan 1 kendaraan bak terbuka yang khusus dipakai untuk sound system. “Polres Banyuwangi tetap menghimbau untuk kendaraan bak terbuka hanya diperbolehkan membawa sound system bukan untuk angkutan manusia,” ujarnya. Menurut Yusuf, tidak ada sterilisasi khusus dari Polres Banyuwangi selama kegiatan kampanye berlangsung. Hanya pada saat kegiatan kampanye berjalan, khususnya pada kirab kampanye damai akan ditempatkan personel di beberapa titik rawan dan jalan protocol yang ramai lalu lintasnya. Sebab, kirab tersebut akan melalui jalur Taman Blambangan Banyuwangi kota dan finish di Lapangan Maron Genteng Banyuwangi. (bwi1/dur)

Gus Ipul Tolak Jurkam Golkar Soekarwo Jadi Jurkamnas Demokrat Gus Ipul itu karena dirinya hingga saat ini belum masuk partai apapun. Menanggapi adanya desakkan sejumlah pihak yang mendorong Gus Ipul segera berpartai setelah perhelatan Pileg 2014. Dengan lugas Gus Ipul menyatakan, "Oh.. nggak lah untuk berpartai. Nanti lah untuk berparti kita lihat. Sekarang fokus jadi Wagub saja," dalihnya Seperti pernah diberitakan koran ini, Ketua DPD Partai Golkar Jatim Zainuddin Amali secara resmi mengumumkan Saiful lah Yusuf sebagai Jurkam Partai Golkar di Jawa Timur. Alasannya, Gus Ipul adalah sebagai Dewan Penasihat Majelis Dakwah Islam (MDI). MDI merupakan salah satu Ormas Underbow partai warisan Orde Baru itu. Bahkan Zainuddin Amali meyakini Gus Ipul bersedia menjadi Jurkam Golkar. "Harus mau lah. Beliau khan sudah dilantik jadi Dewan Penasihat MDI," tegas Zainudin Amali, kala itu.

Surabaya-HARIAN BANGSA Partai Golkar tampaknya bertepuk sebelah tangan dan harus gigit jari. Pasalnya, Wakil Gubernur Jawa Timur Saiful lah Yusuf menolak tawaran menjadi Juru Kampanye (Jurkam) dari Partai Golkar. Alasan pria yang akrab disapa Gus Ipul menolak tawaran Golkar itu karena partai berlambang pohon beringin itu dianggap tidak serius. Sehingga dirinya memil ih menjad i juru kunci d i Pemprov Jatim karena Gubernur Jawa Timur Soekarwo sudah mengambil cuti menjadi jurkam Partai Demokrat. "Partai Golkar tidak serius. Itu hanya ngasih penghormatan kepada saya jadi nggak ada yang nawari resmi, ndak onok." terang Gus Ipul, kemarin. Pria yang juga menjabat Ketua PBNU itu mengaku, sampai saat ini memang belum ada Parpol lainnya yang mememintanya sebagai Jurkam. Menurut

Saifullah Yusuf Sementara itu, Partai Demokrat (PD) memberi kepercayaan kepada Gubernur Jatim Soekarwo selama Pemilu Legislatif menjad i juru kampanye nasional (jurkamnas) lintas provinsi khusus di Pulau Jawa. "Sudah diputus satu bulan lalu melalui rapat DPP Partai Demokrat. Saya tidak tahu pertimbangan strategis apa sehingga saya harus kampanye di seluruh provinsi di Jawa," kata Soekarwo

ditemui usai Salat Jumat di Surabaya, kemarin (14/3). Pria yang akrab disapa Pakde Karwo ini menduga penunjukan dirinya karena sebagai Korwil Badan Pemenangan Pemili (Bapilu) Jawa sehingga ketua umum menunjuk menjadi jurkamnas. Soekarwo mengakui, namanya masuk dalam daftar sebagai jurkamnas dari unsur Ketua DPD Partai Demokrat yang lintas provinsi. (mdr/nis/dur)

Komisioner Badan Pengawas Pemilu Daniel Zuchron (kiri) dan Wakil Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Idy Muzayyad (kanan) saat jumpa pers di kantor Bawaslu, Jumat (14/3/2014).

11 Stasiun Televisi Nasional

Langgar Moratorium Iklan Politik Jakarta-HARIAN BANGSA Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mencatat ada 11 stasiun televisi nasional yang menayangkan iklan pol itik selama masa moratorium iklan pol itik. Dari semua stasiun televisi itu, TransTV merupakan media yang paling banyak menyiarkan iklan politik selama moratorium. "Tercatat 306 spot iklan d i TransTV, 291 spot iklan di RCTI, dan 239 di TV One," kata Komisioner KPI, Idy Muzayad dalam paparan media bersama Badan Pengawas Pemilihan

Umum (BPPU) dan Komisi Informasi Pusat (KIP), d i Gedung Bawaslu, Jakarta Pusat, Jumat (14/3/2014). Stasiun televisi lain yang juga melanggar adalah MetroTV yang menayangkan 220 iklan politik, SCTV (172 iklan), Indosiar (194 iklan), dan ANTV (184 iklan). Pemantauan KPI selama 1 sampai 11 Maret itu juga menemukan 139 iklan politik di Trans 7, 137 iklan di MNC TV, 133 iklan di status Global TV, dan 7 iklan di TVRI. KPI berharap pengumuman namanama stasiun televisi yang melanggar

Baru Gerindra Laporkan Jadwal Kampanye ke KPU Jember-HARIAN BANGSA Hingga 2 hari menjelang masa kampanye terbuka, dari 12 partai peserta pemilu, baru partai Gerindra yang sudah menyerahkan jadwal kampanye kepada KPU Kabupaten Jember. Hal itu disampaikan oleh ketua KPU Kabupaten Jember Ketty Tri Setyorini, Jumat (14/3). Menurut Ketty, laporan rencana pelaksanaan kampanye terbuka ternyata tidak disikapi secara serius oleh partai politik. Terbukti hingga

H-2, baru partai Gerindra yang sudah menyerahkan laporan tentang rencana pelaksanaan kampanye terbuka. Padahal dalam aturan jelas menyebutkan, laporan rencana kampanye terbuka pal ing lambat d iserahkan kepada KPU 7 hari menjelang pelaksanaan," ungkap Ketty. Dalam laporannya partai Gerindra sudah menyebutkan tanggal pelaksanaan, lokasi, nama-nama juru kampanye termasuk jumlah massa yang akan berkumpul d i lokasi

moratorium itu dapat mengingatkan pengelola stasiun televisi untuk tidak lagi melakukan pelanggaran hingga waktu yang diizinkan, yaitu 16 Maret hingga 5 April 2014. Menurut dia, pasca-penetapan moratorium iklan politik dan iklan kampanye politik pada 26 Februari 2014, KPI sempat memanggil pihak stasiun televisi untuk menghentikan iklan politik. "Memang pascasosialisasi ada perubahan, tapi kebanyakan yang lain masih menyiarkan sampai hari ini," kata Idy. Idy mengatakan, KPI hanya ber-

kampenye tersebut. Laporan pelaksanaan kampanye terbuka ini menurut Ketty sangat penting, terutama bagi KPU dan Polres Jember untuk kegiatan pengamanan. Sejak 12 hari lalu, KPU Kabupaten Jember sudah memberikan jadwal kampanye kepada seluruh parpol peserta pemilu. Jadwal kampanye ini diberikan jauh-jauh hari sebelumnya, dengan harapan pal ing lambat H-7, parpol sedah bisa memberitahukan agenda kampanye yang akan dilakukan. Sehingga pihak kepolisian yang akan melakukan pengamanan tidak mengalami kesulitan," jelasnya. (yud/lan)

Soal Capres Jokowi

Sekjen Golkar: Pertandingan Makin Menarik Jakarta-HARIAN BANGSA PDI Perjuangan akhirnya menunjuk Jokowi sebagai Capres 2014. Bagi Partai Golkar, majunya Gubernur DKI Jakarta ini membuat kompetisi Pilpres 2014 makin menarik. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar Idrus Marham menilai pencapresan Jokowi adalah hak masingmasing partai politik. Namun, sesuai pesan dari Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie, Idrus menegaskan kalau semua capres yang diusung berkual itas, maka Indonesia akan dipimpin oleh orang yang berkualitas. "ARB sudah berikan penjelasan. Siapapun yang kita hadapi dan berkualitas calon itu, maka akan menghasilkan

Soekarwo

Idrus Marham pemimpin (Indonesia) yang berkualitas," ujarnya di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Jumat (14/3/2014). Karena itu Golkar akan terus mengedepankan pemimpin yang berkualitas.

Kata Idrus, bukan hanya berdasarkan kepopulerannya. "Populer belum tentu menjamin adanya produktivitas. Jadi mau pilih yang profesionalitas atau populis," tukasnya. Menurutnya, jika masing-masing parpol mengusung capres yang berkualitas, maka Pemilu 2014 ini akan semakin menarik. "Seperti pertandingan, akan semakin enak ditonton," tambahnya. Tegur Priyo KETUA DPP Golkar Priyo Budi Santoso meminta Ketum Golkar Aburizal Bakrie membuka kesempatan kader lain untuk jadi capres. Atas permintaannya itu, Priyo mendapat teguran keras dari Sekjen Golkar Idrus Marham.

"Tentang Priyo, saat ini fokus kita memenangkan Pemilu. Priyo itu caleg. Saya imbau agar fokus ke dapil supaya menang lagi. Dan ingat, 2009 kalau bukan suara partai, Priyo tidak masuk. Kita dapat laporan bahwa Priyo jarang turun di dapilnya," kata Idrus di Kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Jumat (14/3/2014). Idrus menilai pernyataan Priyo mencerminkan ambisinya yang berlebih. Ia menasihati agar wakil ketua DPR itu fokus menarik suara pemilih agar tak membuat malu partai. "Kita tidak bodoh. Tahu lah mana yang buat pernyataan jujur mana yang main-main punya motivasi di baliknya. Priyo fokus saja lah di dapil,” tegurnya. (inc/det/dur)

wenang memberi teguran pada stasiunstasiun televisi tersebut. Namun, Idy tidak menyebutkan apakah teguran itu sudah dilayangkan atau belum. Moratorium iklan politik tersebut tertuang dalam surat kesepakatan bersama (SKB) yang ditandatangani oleh Badan Pengawas Pemilu, Komisi Pemil ihan Umum (KPU), KPI, dan Komisi Informasi Pusat pada akhir Februari 2014. Moratorium itu mengatur tentang imbauan untuk tidak menayangkan iklan politik di luar masa kampanye. (nas/kom/dur)

PDIP Jatim Sambut Pencapresan Jokowi Surabaya-HARIAN BANGSA Dewan Pimpinan Daerah PDI Perjuangan Jawa Timur langsung merespon keputusan partai yang telah menetapkan Joko Widodo atau Jokowi sebagai calon presiden dari partai berlambang Moncong Putih itu. Karena itu, PDIP Jatim siap mengamankan mandat Ketua Umum tersebut, dengan memenangkan PDIP dalam pemilu legislatif 9 April. Hal itu disampaikan Sekretaris DPD PDIP Jatim, Kusnadi kemarin. “Ini merupakan mandat dari Ketua Umum, Megawati Soekarnoputri yang ditunggu-tunggu keluarga besar PDI Per-juangan sekaligus rakyat Indonesia yang mengharapkan adanya perubahan di negeri ini dengan menjadikan Pak Jokowi sebagai calon presiden. Kami di Jatim siap mengamankan mandat tersebut," tegas Kusnadi. Kusnadi menambahkan, mandat ketua umum kepada Jokowi sudah sesuai konstitusi Partai. Sebab, kongres dan rakernas Partai mengamanat-kan kepada Megawati untuk memutuskan nama dan waktu diumumkannya capres PDI Perjuangan. Kader-kader partai, tambah Kusnadi, sebetulnya tidak ada persoalan dengan siapapun capres yang dimandatkan. “Kalau faktanya ternyata Pak Jokowi, memang begitulah kebijakan ketua umum. Dengan hati yang jernih mampu menangkap harapan rakyat Indonesia yang

menginginkan Jokowi sebagai presiden. Sekarang, tinggal bagaimana rakyat Indonesia termasuk Jawa Timur mewujudkan harapannya dengan melakukan dukungan nyata, memberikan suaranya melalui pemilu legislatif dan pemilu presiden,” tandas anggota DPRD Jatim itu. Kusnad i mengingat kan, syarat bagi sebuah partai untuk bisa mengusung sendiri calon presiden apabila mampu meraih 25 persen suara atau setara 20 persen kursi di DPR RI pada saat pemilu legislatif. Partai berharap rakyat memahami hal ini. “Rakyat harus memenangkan PDI Perjuangan pada pemilu legislatif untuk mewujud kan harapannya menjadikan Joko Widodo sebagai calon presiden. Jika hanya mengandalkan suara kader-kader yang ber-KTA saja, PDI Perjuangan pasti berat untuk meraih 20 persen,” terangnya. Jika pada pemilu legislatif perolehan suara PDI Perjuangan tidak mencapai 20 persen, tambah Kusnadi, maka jalan untuk mewujudkan harapan rakyat yang menginginkan Jokowi sebagai calon presiden akan mengalami kendala. “Karena harus berkoalisi dengan partai lain. Sementara partai-partai lain sudah mempunyai capres send iri-sendiri. Dan, PDI Perjuangan sudah tegas menyatakan Joko Widodo sebagai calon presiden, bukan calon wakil presiden,” pungkas Kusnadi.(mdr/dur)


HARIAN BANGSA

SABTU, 15 MARET 2014

4

Wagub Minta Peternak Tingkatkan TS Susu Surabaya-HARIAN BANGSA Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf meminta seluruh peternak sapi meningkatkan Total Solid (TS) susu hingga mencapai diatas 12%. Hal ini penting sebab jika TS susu sapi yang dihasilkan terus meningkat maka peternak bisa melakukan penawaran pada produsen susu untuk menambah nilai beli per liternya “Mari kita kontrol bersama agar kualitas TS susu terus terjaga dan meningkat hingga diatas 12%, dengan TS yang baik jaminannya harga akan tetap tinggi. Dan produsen harus konsekuen jika TS susu diatas 12% maka harganya harus diatas Rp 5 ribu per liter,” tegas Gus Ipul sapaan akrabnya, kemarin. Gus Ipul menjelaskan, seratus persen kebutuhan susu di Indonesia saat ini 80% nya dipenuhi oleh susu impor, sedangan susu dalam negri hanya mampu memenuhi 20% saja. Khususnya di Jatim produksi susu total hanya 950 ribu ltr, sedangkan kebutuhan susu dari 5 pabrik besar produsen susu mencapai 1,8 juta ltr. Ini berarti Jatim saat ini masih kekurangan pasokan susu sebanyak 850 ribu ltr. “Jika kita terus memforsir produksi susu maka pasti akan diserap oleh pabrik pengolah susu, karena Negara yang maju adalah Negara yang mampu memenuhi kebutuhan pangannya sendiri,” terangnya. Lebih lanjut disampaikan, tantangan kedepan dalam menghadapi pasar global (AFTA 2015) adalah persaingan yang makin ketat dimana produk-produk luar negri bisa masuk ke Indonesia dengan mudah. Karenanya, jika kualitas TS susu tidak ditingkatkan maka produk susu dalam negri akan kalah bersaing dengan produk luar. Selain itu harganya akan makin turun, dan produsen susu dalam negri akan lebih memil ih untuk mengolah produk susu luar negri. Gus Ipul mengharapkan, dalam kondisi kekurangan susu saat ini para peternak sapi harus konsisten dalam mempertahankan TS susu. Karena akan ada banyak pihak yang memanfaatkan kondisi sekarang ini, seperti menambahkan air pada susu yang dihasilkan. Di sisi lain produsen susu juga harus terus meningkatkan teknologi yang semakin canggih dalam pengolahan susu agar metode pengecekan TS susu

Moch Imam Mualim secara simbolis meletakan batu pertama pembangunan fasilitas umum. Foto : nisa kapoor/HARIAN BANGSA

Jaringan di Sekitar Kelud Aman KEDIRI-Saat ini, PT XL Axiata Tbk (XL) memastikan jaringan di sekitar lokasi bencana letusan Gunung Kelud relatif aman dan tidak mengalami gangguan yang berarti. Sehingga layanan kepada pelanggan dan masyarakat tetap bisa berjalan secara normal. Total Pelanggan XL di daerah sekitar Gunung Kelud (Malang, Batu, Kediri, Bl itar, Jombang, Tulung Agung, Mojokerto) sekitar 2 juta pelanggan dan didukung oleh 37 BTS di radius hingga 30 km, sebanyak 2 BTS di antaranya ada di radius kurang dari 9 km dari puncak Gunung Kelud. Sebagai bentuk tanggungjawab sosial perusahaan pasca erupsi gunung kelud, XL menggelar kegiatan pengobatan gratis dan membangun fasilitas umum di Dusun Mangli, Desa Puncu, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, kemarin(13/3). GM Finance Management Service XL East Region Moch Imam Mualim mengatakan, program XL Peduli ini sesuai dengan program pemerintah bahwa pemerintah harus menciptakan kondisi yang memungkinkan setiap individu untuk hidup sehat. “XL ikut berpartisipasi dengan memberikan sarana pelayanan kesehatan untuk warga yang membutuhkan. Adanya fasilitas dengan persyaratan yang memadai mendukung terciptanya kesehatan tersebut,” ujarnya.(nis/fya)

PLN Jatim Rugi Rp 4,5 M SURABAYA-Letusan Gunung Kelud pada 13 Februari 2014, membuat PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur mengalani kerugian sekitar Rp 4,5 miliar. Deputi Manager Komunikasi Bina Lingkungan PT PLN Distribusi Jatim, Arkat Matulu menjelaskan, total kerugian diperoleh dari kondisi jaringan PLN yang terkubur lahar dingin. "Seperti tiang dan kabel listrik yang berada di area Gunung Kelud dengan jarak 7 Km. Pembangkit tenaga air milik PLN diarea gunung juga terkena lahar dingin," ujar Arkad. Agar jaringan listrik kembali normal, maka pembangkit harus dibersihkan, termasuk pipa yang terkena lahar dingin. "Pembersihan ini membutuhkan biaya yang cukup besar. Kan banyak pipa yang terkubur dengan batu dan lahar, semua sudah dibersihkan," ujar dia. Saat ini, lanjut Arkad, kondisi listrik sudah bisa dimanfaatkan. Karena, sesuai hasil kesepakatan pada 8 Maret 2014, proses recovery harus selesai secara keseluruhan. Sebab, target tersebut telah ditetapkan pusat. Sampai sekarang aliran listrik di daerah terdampak letusan Gunung Kelud (1731 mdpl) yang berada di perbatasan tiga kabupaten, yaitu Kediri, Blitar dan Malang belum pulih secara normal. Pasca erupsi Gunung Kelud aliran listrik di sejumlah kawasan tersebut padam atau bisa dikatakan lumpuh total. Akibatnya, sekitar 30 ribu jaringan listrik pelanggan mati karena bencana itu. "Sampai saat ini, kami berupaya untuk mengembalikan aliran listrik itu. Penyebabnya, masyarakat sangat membutuhkan energi listrik guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari," ucapnya. (nis/fya)

Usai membuka RAT Koperasi SAE Pujon, Wagub pantau perkembangan sapi Jaliteng. Foto:nisa-HARIAN BANGSA bisa dilakukan secara otomatis. Selain itu kondisi kekurangan susu ini akan menyebabkan persaingan-persaingan

antar pabrik atau antar provinsi. “Saya ingin bekerjasama dengan produsen susu supaya para peternak sapi ini

difasilitasi dan dibimbing agar mereka lebih maju dan bisa menghasilkan susu yang TS nya baik,” tambahnya. (nis/fya)

OTOMOTIF MOBIL

JASA ANGKUT

SEWA MOBIL

ANGKUTAN PINDAHAN, Rumah / Kantor, Dll. Dalam Kota / Luar Kota. Hub: 0318470310, 70740990

MJ RENT A CAR Hub. 031-70777306, 03177725563, 8669320, 08121703970, New Eyes, Camry, Altis, Alphard, ELF, Pregio, Travello, Avanza, LGX, Innova, Bus AC Pariwisata 29,30,43,60 + Toilet, TV, CD, Karaoke, Recleaning Seat dan Terima Kontrak Bulanan / Tahunan

hw*12/3-11/4/14

SABAR INDAH Terima Jasa Angkutan Truk / Pickup Dalam / Luar Kota, Kota2 Surabaya. Biaya Nego Hub: 082140966793

**ELLY RENT CAR** Menerima Carteran Mobil + Driver Luar Dalam Kota Hub: 031-31226478, 082136052979, 085854461757 hw*15/3-14/4/14

SEWA MOBIL Dlm/Luar Kota + Sopir 24 jam & Terima Antar Jemput Sby Timur - Sby Barat utk Karyawan, Anak Sekolah, Bandara. Hub: 031-88218063, 081221737343 hw*8/2-9/3/14

hw*14/3-13/4/14

hw*25/2-26/3/14

up*18/2-19/3/14

KURSUS MOBIL

JUAL KIJANG SUPER Th.85 Modif Th’95 Merah, Tape, AC & Honda Supra Fit Th’05 Harga 4,1 Jt Hub: 031-70819410, 081543373044

ANUGERAH Telp. 031-70575627, 08123239560 Innova, Avanza, Xenia, Livina, Travello, Elv, BBM + Sopir Murah hw*7/3-6/4/14

KURSUS MBL DJOEN MT/AT-SIM & STNK HUB: 031-7320331, 082894057478 RAYA KUPANG JAYA 19 SBY HUB: 031-5054606, 031-34211819 NGAGEL JAYA SELATAN 16 SBY PK.07.00 S/D 22.00 HRG PROMO hw*15/3-14/4/14

up*12/2-13/3/14

KEHILANGAN

SALE !!! Pusat Daihatsu Jatim 2014, Xenia DP 22 Jt-an @ 2,9 Jt Ayla DP 21 Jt-an @1,8 Jt PU DP 12 Jt @ 2,4 Jt Terios DP 30 Jt @ 4 Jt Sirion DP 25 Jt @ 3,9 Jt Luxio DP 25 Jt @4 Jt. DP Ringan, Proses Cpt & Gampang, Diskon Terbaik, Bunga 0% Telp. 031-88170088

TRENGGALEK VARIASI MOBIL

MOTOR

PROMO XENIA 2014 Bunga 0% DP 20 Jtan Angs. 2 Jt-n, Grandmax DP 9 Jt-an Angs. 2 Jt-an, Ayla DP 20 Jt-an Angs.1 Jt-an, Terios 30 Jt-an Angs.3 Jt-an. Dapatkan Cashback Puluhan Jt & Promo Menarik Lainnya Hub: TRISYE Astra Daihatsu Waru 081238705669, 031-83344335 up*21/2-22/3/14

MOBIL

15/3/14

HILANG STNK SPD MTR 96 L 2074 D AN ONG RICKY SUKIATNO WISMA PERMAI BARAT 1/ MM-29 rus*15/3/14

TERIMA GADAI Mobil / Motor Hanya STNK yg Masih Masa Kredit. Hub: 082333250007, 085931172789

HILANG STNK SPD MTR HONDA TH10 L 6265 EG AN AMINAH SEMAMPIR MASJID NO 23

fn*6/3-6/4/14

up*25/2-26/3/14

fn*8/3-7/4/14

rus*15/3/14

up*4/3-3/4/14

wan*15/3/14

STNK MTR YMH TH.12 L.5282.CM AN.MOH MASYHUDIONO JL.GUB MASJID 2/20 SBY

wan*15/3/14

rus*15/3/14

wan*15/3/14

HILANG STNK SPD MTR HONDA TH08 L 5562 CD AN SYAMSUL ANAM. RUNGKUT MENANGGAL HARAPAN X/10

STNK MBL HND CRV L.1602.HJ AN.PT SUMATRACO LANGGENG MAKMUR JL.GRAHA FAMILI M/62 SBY

rus*15/3/14

wan*15/3/14

HILANG STNK MOBILAVANZA TH04 L 1780 ON AN ARIK SUGIANTO KEPUTRAN PANJUNAN 3/95

STNK MTR YAMAHA L.5761.DA AN.THERERIA ENDUN.F JL.KARANG MENJANGAN 6/1 SBY

rus*15/3/14

wan*15/3/14

HILANG STNK MOBIL TOYOTA TH00 L 1495 CW AN LAY FONNY LAYSANA DHARMAHUSADA INDAH UTARA 11/2(U-96)

STNK MTR YMH 28D TH.09 L.6035.PH AN.SOENARYO.D JL.KALILOM LOR INDAH TERATAI 54 SBY

rus*15/3/14

wan*15/3/14

HILANG STNK HONDA TH10 L 6265 EG AN SITI AMINAH SEMAMPIR MASJID 23

STNK MTR YMH TH.09 L.6796.CO AN.DORCE ICE.R.H JL.SEMOLOWARU BAHARI 14/8 SBY

STNK MTR HND NC11B TH.10 L.5423.RT AN.FATIMAH JL.GADUKAN BARU 1/231 SBY wan*15/3/14

STNK MBL ISUZU ST.WAGON TH.91 L.1356.YG AN.ANDRIANTO JL.SATELIT UTR 3/ET26 SBY

up*26/2-27/3/14

wan*15/3/14

STNK MTR HONDA L.6666.DC AN.KARTININGSIH JL.MOJO TEGAL 1 ASRI 14 SBY

rus*15/3/14

wan*15/3/14

up*12/2-13/3/14

wan*15/3/14

STNK MBL TOYOTA L.2333.GAAN.YENNY.M JL.SUTOREJO TGH 14/49 SBY

HILANG STNK MOBIL LUXIO TH12 L 1725 EE AN TOPAN DWI SAPUTRA KALIBOKOR KENCANA 4/25

rus*15/3/14

fn*4/3-3/4/14

STNK MTR HONDA L.2044.YJ AN.LILIK INDRAWATI JL.SIMO KWAGEAN BUNTU LOR 56 SBY

STNK MTR HND TH.10 L.5171.DU AN.ERIK AGUS.I JL.MOJO 5/12A SBY

STNK SPD MTR HND NC11B TH.13 L.6130.ZE AN.KUSNAN MARZUKKY JL.TAMBAK ASRI DAHLIA 8/15 SBY

fn*7/3-6/4/14

HILANG BPKB MTR YMH JUPITER L.6589.BW AN.ABDURAHMAN JL.BARATAJAYA4/71 SBY wan*15/3/14

SURABAYA

GADAI

SEWA MOBIL

up*25/2-26/3/14

STNK AG 4129 YC A/N BERO SUWONDO D/ A RT.10/03 BARUHARJO DURENAN TRENGGALEK

HILANG STNK SPD MTR YAMAHA TH13 L 5462 EW AN ARI PRASETYO LEBAK JAYA UTARA 4A/32

up*15/3-14/4/14

MOBIL

SURABAYA

up*14/2-15/3/14

hw*1/3-30/3/14

wan*15/3/14

wan*15/3/14

STNK MTR YMH JUP.MX TH.05 L.2592.BC AN.RAYMOND GUNARTO JL.KLAMPIS INDAH 8/E47 SBY wan*15/3/14

STNK MTR HND NC11C TH.10 L.6172.SA AN.SLAMET JL.WONOREJO 4/99 SBY wan*15/3/14

STNK TRUCK HINO WU302R TH.13 L.9869.NC AN.AGUS PEDRIANTO JL.DONOKERTO 2/55B SBY wan*15/3/14

up*19/2-20/3/14 up*27/2-28/3/14

SUZUKI TERMURAH SEJATIM Ertiga, Pick Up, Wagon R, APV Gebyar Bonus, Discount Besar, Barang Ready Bisa Tukar Tambah, Proses Cepat Tanpa Tolak, Buktikan ! Hub: 031-92518069

PELAYANAN ANTAR JEMPUT utk Sby Barat & Pusat, Mobil Baru Hub: 081259731156, 031-70722155

“PROMO PAKET TOUR” ARLINTA 031-70262428, 71761674, 8714795, 08123501089 Email:arlinta_transport@ yahoo.co.id Website:www.arlinta transport. com Mywakan Avanza, Innova, ELF, Hiace Comuter, Pregio, Travello, T.Altis, New Camry, Xerena, Fortuner, Alphard, Vellvire, Mercy New Eyes S350+S500, Mini Bus, Tape, Rec, Seat, Hri/Bln-an, D/L Kota, Mbl baru2, Rute Jawa-Bali dg Sopir Brpglaman & Sabar

hw*26/2-27/3/14

hw*25/2-26/3/14

hw*20/2-21/3/14

SIFA MOTOR Terima Sepeda Motor Segala Merek. Hub: 031-78627106, 087852608291

up*18/2-19/3/14

KIJANG INNOVA 2011, L, Warna Grey, Istimewa 170 Jt Nego, Jl.Pagesangan II No.63 Hub: 031-70182870, 081231689596

hw*15/3-14/4/14 up*8/2-9/3/14

hw*13/2-14/3/14

PROMO NISSAN DP 25% Harga Terbaik Diskon Besar, Yoko Hub: 085332966771, 031-88153151 hw*26/2-27/3/14

up*20/2-21/3/14

ANTAR JEMPUT


5

HARIAN BANGSA

SABTU, 15 MARET 2014

Jokowi Capres, PDI-P Jombang Dirikan Posko

MENARIK – Badut kotak suara yang diterjukan KPU Jombang untuk mensosialisasikan Pemilu Legislatif (Pileg) 2014. foto : adi susanto/HARIAN BANGSA

JOMBANG - Diusungnya Joko Widodo atau Jokowi sebagai capres oleh PDI Perjuangan mendapat sambutan antusias di daerah, salah satunya DPC PDI Perjuangan Kabupaten Jombang. Sebagai tindak lanjut, PDI Perjuangan Jombang segera membentuk simpul-simpul relawan Jokowi. Bukan hanya itu, partai berlambang banteng bulat ini juga akan membangun posko pemenangan untuk mantan walikota Solo tersebut. "Kami baru saja mendengar kabar kalau PDIP secara resmi mengusung Jokowi sebagai capres. Kami dari PDIP Jombang sangat mendukung langkah tersebut," cetus Sekretaris DPC PDI Perjuangan Jombang, Bahana Bela Binanda, Jumat (14/3). Bela menjelaskan, yang dilakukan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri mengusung Jokowi sebagai capres adalah langkah tepat. Karena Jokowi merupakan sosok pemimpin yang dekat dengan rakyat. Semua itu semakin klop dengan hasil sejumlah lembaga survei yang selalu menempatkan Jokowi sebagai tokoh yang mempunyai elektabilitas paling tinggi. "Sekali lagi, kami sangat mendukung pencapresan Jokowi. Sebagai konsekwensi kami siap memenangkan Jokowi dalam pilpres mendatang. Untuk itu, membangun posko pemenangan dan simpul relawan segera kami lakukan,” tandasnya. Seperti diberitakan, Megawati Soekarnoputri telah resmi memberi mandat Jokowi sebagai Capres 2014. (dio/sta)

Tekan Golput, Genjot Sosialisasi Pemilu 2014 Jombang – HARIAN BANGSA KPU Kabupaten Jombang menggelar serangkaian sosialiasi tentang Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 hingga ke berbagai pelosok pinggiran Kota Pesantren. Upaya

BUKTI – Tersangka dan barang bukti kala dibeber petugas, di Mapolsek Kartoharjo Kota Madiun, Jum’at (14/3). foto stc MADIUN – Mengaku penghasilannya membantu sang ibu berjualan di warung tidak cukup, Mohammad Bayu Vonianto (28) nekat berjualan toto gelap (togel). Warga Kelurahan Orooro Ombo Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun itu kini menyesali perbuatannya setelah dia dibekuk Polsek Kartoharjo. Selain mengamankan Bayu, polisi juga menyita barang bukti 3 buah ponsel yang berisi tombokan nomor togel. Selain itu, juga uang tunai hasil penjualan nomor togel Rp 385.000. Wakil Kasubag Humas Polres Madiun, Ipda Hadi Susanto mengatakan tersangka dijerat pasal 303 KUHP tentang Perjudian subsider UU Nomor 7 Tahun 1974 tentang Penertiban Perjudian dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara. Kata Ipda Hadi Susanto, selama ini tersangka berjualan togel sejak 3 bulan terakhir. Hasilnya rata-rata dalam sekali putaran mampu menghasilkan Rp 500.000 sampai Rp 1 juta. "Karena penghasilannya cukup banyak itu, maka tersangka tergiur berjualan togel. Setorannya biasanya ke bos di atasnya yang belum tertangkap," imbuhnya. Mohammad Bayu Novianto mengaku jika mendapatkan hasil 25 persen dari nilai total penjualan nomor togelnya dalam sekali putaran. Selama ini, dirinya menyetor ke bandar kecil di Madiun melalui laporan SMS dan mengirim uangnya secara tunai ke rumah bos togelnya itu. “Kalau saya setor Rp 1 juta saya mendapat 25 persen dari nilai setoran itu," cetusnya. (stc/sta)

itu diharapkan menekan potensi tingginya angka golput kala hajatan demokrasi pada 9 April 2014 nanti. Sosialisasi itu misalnya dengan menggelar jalan sehat pada

Minggu (9/3) pekan lalu. “Serangkaian acara sosial isasi send iri bertujuan menekan angka golput. Salah satunya dengan menggelar jalan sehat pada pekan lalu,” cetus Ketua KPU Jombang, Machwal Huda, Jum’at (14/3). Selain bertujuan untuk mengingatkan masyarakat tentang pemilu, juga agar masyarakat aktif mengawasi pemilu mendatang.

Sosialisasi juga diharapkan mendorong kesadaran warga untuk mendatangi lokasi tempat pemungutan suara (TPS) dan menggunakan hak pilihnya. Dengan begitu, angka golput bisa ditekan seminim mungkin. Pemkab Jombang juga berharap minimal 75 persen pemilih di Jombang menggunakan hak pil ihnya,” tandas Machwal menirukan himbauan dari

Bupati Jombang Nyono Suherli kala melepas peserta jalan sehat Pemilu 2014. Angka golput di Jombang sendiri berdasarkan data yang diperoleh cukup tinggi. Terakhir, saat Pilgub Jatim 2013, dari total jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 1.001.953 orang, yang tidak hadir alias golput pemil ihan 429.400 orang atau sekitar 43 persen. (dio/sta)

Kabel Optik Dikenakan Pajak Raperdanya Tengah Dikaji KPPT Mojokerto – HARIAN BANGSA Kantor Perijinan dan Pelayanan Terpadu (KPPT) Kota Mojokerto tengah menggodok draf rancangan peraturan daerah (raperda) tentang pajak kabel serat optik. Tidak adanya regulasi pajak selama ini membuat pendapatan dari investasi vendor telekomunikasi menguap hingga miliaran rupiah. Sebab pelaksana dari operator telekomunikasi bisa membenamkan kabel semuanya. Pemkot hanya mengenakan restribusi pemasangan yang nilainya tidak seberapa. "Jadi selama ini pemkot tidak pernah mendapatkan pajak apapun dari vendor. Padahal investasi mereka untuk selamanya. Ini yang akan coba kita

foto : yudi/HARIAN BANGSA

Nunggu Warung, Malah Jual Togel

Achmad Rusyad Maanfaluti garap menjadi PAD (pendapatan asli daerah) seperti d i Jakarta," cetus Kepala KPPT Kota Mojokerto, Gaguk

Prasetyo, Jum’at (14/3). Gaguk mengibaratkan, dari nilai investasi miliaran rupiah yang ditanam di tanah kota Mojokerto, pemerintah hanya mendapat konstribusi seujung jari. "Ini tentu tidak ad il. Vendor membayar sejumlah kecil retribusi dari nilai miliaran rupiah yang mereka tanamkan, bahkan untuk selamanya," jlentrehnya. Dari draf raperda yang coba d irumuskan KPPT, Gaguk mengupayakan adanya nilai tambah tidak hanya dari restribusi galian. Tapi juga sewa lahan yang dilalui kabel. Hingga kini pihaknya masih belum menentukan besaran pajak sewa tersebut karena butuh kajian lebih lanjut. Selain itu, draf raperda ini juga akan memasukkan klausul tentang adanya fasil itas kabel cor untuk pemerintah.

Kata Gaguk, kabel besar ini diharapkan dapat bermanfaat meningkatkan kecepatan jaringan telekomunikasi di lingkup pemerintah terutama untuk akses internet. Rencana ini mendapat tanggapan positif dari anggota Komisi II DPRD Kota Mojokerto, Achmad Rusyad Maanfaluti. "Silahkan raperda itu diajukan. Sepanjang pemanfaatannya menguntungkan daerah, bukan tidak mungkin bisa segera direalisasi," cetusnya. Politisi PKB yang biasa dipanggil Falut ini mengatakan gebrakan KKPT itu sepintas sangat menarik. Selama ini tidak ada pihak yang mewacanakan pemasukan restribusi dari sektor ini. "Kita memang jauh tertinggal dengan Jakarta. Sedapat mungkin perda ini segera selesai dan realisasi," pungkas Achma Rusyad Maanfaluti. (yep/sta)

Penambang Galian C Tewas Tertimbun Ngawi – HARIAN BANGSA Apes menimpa Supriyanto (38), penambang batu galian C. Warga Dusun Wijil Desa Sidorejo Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi itu tewas usai tubuhnya tertimbun tanah longsor dan bebatuan, di lokasi galian C, di desa setempat, Jum’at (14/3). Suami Imawati (36) tewas mengenaskan karena tubuhnya tertimbun tanah longsor dan bebatuan dari atas bukit lokasinya

menambang batu. Untuk mengevakuasi jenazah korban membutuhkan waktu selama hampir 2 jam. Usai dievakuasi diketahui tubuh korban mengalami luka parah di sejumlah bagian. Diantaranya, tangan dan kaki kanan korban terputus akibat terjepit batu besar yang menimpanya. Saat mengevakuasijenazahkorbanwarga kesulitan lantaran harus menggali terlebih dahulu tumpukan tanah dan bebatuan yang ambrol

dari atas bukit lokasi korbam menambang bersama rekannya itu. Supar (37), salah satu saksi, bercerita, korban bersama rekan-rekannya sibuk menggali tanah yang terdapat batu besar. Saat itu, ada dua pekerja termasuk korban sedang menambang batu untuk dijual ke pengepul. Saat korban hendak menarik batu besar di bagian bawah, tiba-tiba batu batu besar yang berada di atas tebing setinggi 10 meter longsor berikut tanahnya.

Saksi lainnya yang ikut mengevakuasi korban, Sudarno (45) mengungkapkan jika rekan-rekan korban berhasil menyelamatkan diri karena masih memiliki kesempatan berlari dari lokasi kejadian. "Karena tertimbun bebatuan dan tanah korban baru bisa dievakuasi sekitar dua jam dalam kondisi terjepit bebatuan besar," imbuhnya. Usai berhasil dievakuasi, korban dibawa ke rumah duka. Petugas Polsek Kendal dibantu

tim medis Puskesmas Kendal lalu memvisum jenazah korban di rumah duka. Dari hasil pemeriksaan terdapat beberapa luka serius pada tangan dan kaki korban karena patah. Kapolsek Kendal, AKP Tarmidi menegaskan berdasarkan hasil olah TKP dan visum serta keterangan dari para saksi, korban tewas akibat tertimpa longsoran batu bercampur tanah di lokasi galian C di kampung korban. (stc/sta)

BAHAYA – Lokasi tertimbunnya penambang galian C hingga akhirnya korban tewas, di lokasi galian C di Dusun Wijil Desa Sidorejo Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi, Jum’at (14/3). foto repro stc

Surat Suara DPD Bali Nyasar ke Mojokerto Mojokerto – HARIAN BANGSA Sebanyak 600 lembar surat suara DPD (Dewan Perwakilan Daerah) Bali nyasar di KPU Kabupaten Mojokerto. Salah pengepakan dari percetakan juga membuat kekurangan surat suara di KPUD Kabupaten Mojokerto mencapai 2.000 lembar. Ketua KPU Kabupaten Mojokerto Ayuhanafiq menjelaskan, 600 lembar surat suara untuk DPD provinsi Bali ditemukan oleh pekerja sortir dan

lipat surat suara di kantornya. Dalam satu kardus yang berisikan 10 kantong plastik surat suara atau 1000 lembar, 6 kantong diantaranya adalah surat suara DPD Provinsi Bali. Sedangkan 4 kantong lainnya berisi surat suara DPRD Kabupaten Mojokerto. "Satu kantong plastik berisi 100 lembar surat suara. Kemungkinan besar kesalahan saat pengepakan. Soalnya saat tiba di sini (KPUD), kardus surat suara masih tersegel

rapi," ungkap Ayuhanafiq, Jumat (14/3). Tidak hanya itu, kesalahan pengepakan oleh pihak percetakan juga berakibat pada kurangnya surat suara di KPU Kabupaten Mojokerto. Setidaknya sampai saat ini, kekurangan surat suara mencapai 2.000 lembar, baki surat suara DPRD maupun DPD. "Dalam satu paket kardus semestinya berisi 1.000 lembar surat suara, kenyataannya banyak yang enggak sampai

1.000 lembar," urainya. Ayuhanafiq menambahkan, tertukarnya surat suara tersebut dan juga kekurangan surat suara akan dilaporkan ke KPU Provinsi Jawa Timur. Proses penyortiran dan pelipatan surat suara di KPU Kabupaten Mojokerto berjalan sejak tanggal 6 Maret lalu. KPUD mengerahkan sekitar 150 orang pekerja lepas. Ditargetkan, proses sortir dan lipat surat suara akan selesai dalam 3 hari ke depan. (gun/sta)


HARIAN BANGSA

Ancab GP Ansor Wonosari Gelar PKD Klaten KLATEN-Sekitar 65 Gerakan Pemuda Ansor dari Kabupaten Klaten Jawa Tengah mengikuti kegiatan Pelatihan Kader Dasar (PKD) di Pesantren Al-Barokah Samben Wonosari Klaten, selama dua hari (11-12/3). Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ansor Wonosari, Syamsul Ma’arif mengatakan, kegiatan PKD ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan PAC di wilayah itu. “Biasanya yang menyelenggarakan PKD pengurus cabang. Ini baru pertama kalinya PAC jadi penyelenggara,” terangnya saat ditemui NU Online di sela acara. Ditambahkan Syamsul, melalui kegiatan ini diharapkan para kader menjadi lebih siap, ketika terjun ke masyarakat. Untuk itu, panitia menghadirkan beberapa narasumber untuk menyampaikan beberapa materi. Di antaranya Nuril Huda (materi Ke-Ansoran/Ketua PC GP Ansor Sukoharjo), Rubiyanto (manajemen organisasi/Ketua II PAC Wonosari), KH Joko Parwoto (Keaswajaan/Syuriyah MWC Sawit), dan Kiai Murtado Purnomo (NU dan Tradisi/NU Klaten). Acara PKD ditutup dengan acara refleksi. Sesekali para anggota meneriakkan yel-yel untuk menambah semangat mereka: Banser Maju! Ansor Jaya! NKRI Harga Mati! (nuo/ros)

Kepengurusan NU Kotaanyar Didominasi Kader Muda PROBOLINGGO-Usai resmi dilantik oleh Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Kraksaan H. Nasrullah A. Suja’i, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo masa khidmat 2013-2018 bertekat memperioritaskan kader muda dalam struktur kepengurusannya. Hal ini dapat dilihat dari porsi kepengurusan yang lebih banyak didominasi oleh kader muda NU. “Hal ini merupakan salah satu upaya pengkaderan di organisasi NU yang dilakukan oleh MWCNU Kotaanyar agar kinerja yang dilakukan bisa lebih maksimal dan manfaatnya bisa dirasakan oleh seluruh warga NU,” ungkap Ketua Tanfidziyah MWCNU Kecamatan Kotaanyar Suparman. Dalam kepengurusan MWCNU Kecamatan Kotaanyar masa khidmat 2013-2018 ini, Rais Syuriyah dijabat oleh KH. Maksum Junaidi dan Ketua Tanfidziyah dijabat oleh Suparman. Keduanya diberi amanat oleh pemilik suara untuk memimpin dan membesarkan NU di Kecamatan Kota anyar untuk lima tahun ke depan. “Kader muda ini yang jelas pikirannya lebih fresh dan tenaganya kuat sehingga diyakini akan mampu untuk mengemban amanah organisasi dengan baik dan maksimal. Sehingga diharapkan kader-kader muda NU ini bisa menggerakkan kegiatan NU dengan baik,” jelas Suparman. Hal senada juga diungkapkan oleh Rais Syuriyah KH. Maksum Junaidi. Hanya saja pihaknya akan lebih membentengi kader muda NU dengan kegiatan-kegiatan yang positif berdasarkan akidah Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja). (nuo/ros)

SABTU, 15 MARET 2014

6

Bolehkah Wanita Jadi Wakil Rakyat ? atu bulan lagi Indonesia akan menggelar hajat besar Pemilihan Umum 2014. Hiruk pikuk pemilu semakin terdengar nyaring. Warga negara yang merasa memiliki kemampuan, berjuang untuk masuk ke parlemen.

S

RAMAI-ramai gambar calon legislatif bertebaran di jalan, tembok-tembok, hingga pepohonan. Tak sedikit wajah yang terpampang merebut simpati rakyat adalah perempuan. Lalu, bolehkan seorang perempuan masuk ke parlemen menjadi wakil rakyat? Banyak perdebatan para ulama tentang bab ini. Lembaga Fatwa Mesir Dal al-Ifta menyebut, kaum wanita diperbolehkan menjalankan seluruh hak sipil selama tidak bertentangan dengan sifat alamiah seorang perempuan. Di antara hak tersebut adalah mengambil dan memberikan pendapat di parlemen. Dar al-Ifta Mesir mengambil dasar keumuman dari Alquran surah at-Taubah ayat 71. "Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebagian mereka adalah penolong bagi yang lain. Mereka menyuruh yang makruf dan mencegah yang munkar." Memberikan pendapat di parlemen, ujar Dar al-Ifta, adalah salah satu bentuk nasihat yang masuk dalam ruang l ingkup amar makruf nahi munkar. Konsep kesetaraan dalam hak dan kewajiban laki-laki dan perempuan dalam ruang publik dihimpun dalam satu kaidah tersendiri, An-Nisa u Syaqa'iq arRijal, kaum perempuan adalah

Anggota parlemen Nurcan Dalbudak (berdiri) dan Sevde Beyazit Kacar (duduk) menghadiri sidang umum Parlemen Turki mengenakan jilbab mereka di Ankara, Kamis (31/10). foto:reprorepublika/reuters/ umitbektas/HARIAN BANGSA

saudara kandung kaum laki-laki. Dar al-Ifta menambahkan, pelarangan wanita memberikan suara berarti memerintahkan mereka untuk menyembunyikan ilmu. Jika ada yang beranggapan untuk menyampaikan pendapat, seorang perempuan mestilah memiliki banyak ilmu. Kita bisa berkaca pada Ummul Mukminin Aisyah RA dan madrasah fikihnya. Begitu juga dengan anak perempuan Said bin Musayyib, Karimah, yang banyak meriwayatkan hadis Bukhari. Ketua Persatuan Ulama Dunia Syekh Yusuf Qaradhawi membahas masalah ini panjang lebar dalam Hadyul Islam Fatawi Mu'ashirah. Syekh Qaradhawi

menilai, tak mengapa seorang wanita terjun ke parlemen. Wanita adalah makhluk mukalaf, seperti halnya laki-laki. Menurut Syekh Qaradhawi, “Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu ...” di surah al-Ahzab ayat 33 hanya berlaku untuk istriistri nabi. Karena mereka memiliki aturan dan beban yang lebih berat dibanding wanita pada umumnya. Ummul Mukminin Aisyah RA, ujar Syekh Qaradhawi, meskipun ada ayat tersebut tetap keluar dan turut serta dalam Perang Jamal. Kemudiaan, saat ini tak dapat dimungkiri wanita sudah biasa keluar dari rumahnya. Ada yang menjadi dokter, guru dan dosen. Sehingga, seolah

ada ijma bolehnya wanita bekerja di luar rumah dengan syarat tertentu. Lalu, keadaan menuntut para wanita Islam untuk terjun ke gelanggang parlemen. Tujuannya, untuk menghadapi wanita yang berpaham sekuler dan memegang kendali. Namun, meskipun membolehkan, Syekh Qarad hawi memberikan beberapa tuntunan. Dalam parlemen, tidak berarti seorang wanita bebas bergaul dengan laki-laki lain tanpa batas. Mereka juga tidak boleh mengabaikan suami dan anak-anak. Selain itu, wanita yang akan terjun ke parlemen juga mesti menjaga adab Islam dalam berpakaian, berbicara, dan berjalan. Sehingga,

terjauh dari fitnah-fitnah. Nahdlatul Ulama (NU) dalam forum Bahtsul Masail yang disepakati pada Konferensi Besar Syuriah NU di Surabaya pada 19 Maret 1957 membolehkan wanita terjun ke parlemen. Alasannya, parlemen adalah badan yang menentukan hukum (tsubutu amrin li amrin) bukan untuk menentukan qad ha (lizamil hukmi). Tapi, ada beberapa syarat jika wanita masuk ke parlemen. Di antaranya, afifah (bisa menjaga kehormatan), ahli dalam hal tersebut, menutup aurat, mendapat izin dari yang berhak memberi izin, aman dari fitnah, tidak menjadikan sebab timbulnya munkar. (bersambung)

Silaturrahim Siapa bilang warga NU tidak punya agenda kegiatan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan? Kegiatan itu ternyata banyak sekali jumlahnya mulai dari tahlilan, yasinan, walimahan/ pernikahan, pengajian rutin, imtihan/wisuda, seminar, diskusi dan masih seabreg jika disebut satu persatu. Ingin dimuat di HARIAN BANGSA? Mudah. Cukup ketik SMS ya, kirim ke 08123064028 atau email: bangsasilaturrahim@gmail.com. Jangan lupa: Nama, Alamat, dan kegiatannya, kalau ada fotonya yang menarik, ya. Saya muat di Harian BANGSA [korane warga NU]. Itung-itung dokumen pribadi. Kalau dimuat, dibingkai pigora yaaa. Apakah ada yang sulit, SEDULUUUUR?????

08123064028 - 081216031525 Dialog Interaktif Kitab Nashoihuddiniah

Hadirilah Acara Diba'an Kubro

PASURUAN-Pengajian dan dialog interaktif digelar Lembaga Dakwah NU Kabupaten Pasuruan bekerjasama dengan Rasio Suara Pasuruan edisi Sabtu PAGI pukul 05.45-07.00 dan SORE pukul 17.00-jelang Maghrib menghadirkan Ust Mujib dari Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan dalam kajian Kitab Nashoihuddiniah. (M Khudori, Wakil Sekretaris LDNU Kab Pasuruan)

SIDOARJO-Hadirilah acara Diba'an Kubro yang digelar oleh jajaran IPNU-IPPNU PAC Gedangan di masjid Al-Mubarok Jl KH Sulaiman Gemurung, Gedangan Sidoarjo, Ahad 16 Maret 2016 pukul 08.00. (Fuad Bakri, Takmir)

Dialog Interaktif Masalah Rumah Tangga PASURUAN -Pengajian dan dialog interaktif di RADIO SUARA PASURUAN 107 FM digelar oleh

LDNU kabupaten Pasuruan Jumat pukul 5.45-7.00 (PAGI) dan pukul 17.10-jelang Magrib (SORE) menghadirkan ustadz Khudori Nachrowi,S.Pd.I dari pondok pesantren Sidogiri dalam kajian kitab Irsyaduzzaujain . (Muhammad Khudori ,wakil sekretaris LDNU kabupaten Pasuruan)

Malam Pemuda Cinta Sholawat SURABAYA-Jajaran Karang Taruna SAKALITAN (Satukan Kampung Lidah Wetan) mengadakan "Gebyar Pemuda Cinta Sholawat", Selasa

bangsasilaturrahim@gmail.com

25 Maret 2014. Tempat: Lapangan Poral Lidah Wetan, Lakarsantri Surabaya. Acara yang berlangsung pukul 19.00 ini mengundang Habib Syekh bin Abdul Qadir Al-Habsyi dari Solo Jawa Tengah dan Habib Taufiq Assegaf dari Pasuruan.

Pengajian Kitab Washiyatul Musthofa SIDOARJO- Pengajian rutin Kitab Wahiyatul Musthofa yang diasuh oleh KH Masyhudi Mukhtar di Masjid Al-Mubarok Jl KH Sulaiman Gemurung Gedangan. (Samsul Fuad Bakri)

KARIR

PASURUAN-Diklat Salat Sempurna diadakan oleh Lembaga Takmir masjid NU (LTMNU) bekerjasama dengan -LPQ Al-Karim Jatim, pada hari Ahad tanggal 9 dan tanggal 16 Maret 2014. Tempat di Masjid Muslim Pancasila Sukorejo Pasuruan. (Athoillah, Panitia)

Kajian Alquran KH Salim Imron SIDOARJO-Takmir Masjid Besar Al-Hidayah Jalan Ahmad Yani 55 Gedangan Sidoarjo mengadakan

ELEKTRONIK

Full Kajian Kitab dan Bahtsul Masail NGANJUK-Hadirilah kegiatan rutin di Masjid Jamik Al-Falah Desa Pelem Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk setiap rabu Malam Kamis pukul 19.30: 1. Pengajian ASWAJA An-Nahdliyah

oleh K Sulton Abdul Hadi; 2. Pengajian Kitab Riyadhus Shulihin oleh KH Athour Rochiem; 3. Tafsir Alquran oleh Ustd Drs Imam Masyhadi Al-Hafidh; 4. Pengajian Kitab Iryadul Ibad oleh KH Hasan Bisyri; 5. Lailatul Ijtimak dan Bahtsul Masail Malam 15 Qomariyah oleh Drs KH. M. Da’in Masyhuri MM; 6. Jam’iyatul Qurro Sabtu malam Ahad oleg Ustd H Khoiruddin; 7. Ahad Legi Khataman Alquran Putra Bil-Ghoib. (Athour Rohman Wahid)

LOWONGAN

hw*15/3-14/4/14

fn*20/2-21/3/14

fn*18/2-19/3/14

up*13/2-14/3/14

hw*15/2-16/3/14

DICARI MONITOR CPU / AC Rusak (Rongsokan) Sebanyak-banyaknya Harga Tinggi Hub: 031-70628082

KERJASAMA up*25/2-26/3/14

up*12/2-13/3/14

ANDA JUAL KULKAS, AC, Mesin Cuci, Freezer Box, Keadaan Rusak Maupun Normal, Kita Beli Sesuai dgn Barang yg Dijual Hub: 031-72011611, 0818390758 Jl. Girilaya No.30

JUAL KOMPUTER NB, ACC, Alat Pel Mekanik, Krupuk Udang Manis & Pedas Hub: 031-8706686, 60224115

fn*14/2-15/3/13

hw*4/3-3/4/14

SERVICE up*18/2-19/3/14

PELUANG USAHA Kerja Sampingan Penghasilan Bisa 5Jt/Bln, Tanpa Modal (SLTA) Pakai Modal (Min SD) Hubungi: 03177766550, 085655011896

DICARI PRT / BABY SITTER / Semi Langsung Kerja. Hub. 031-70213989, 081332548910

hw*19/2-20/3/14

up*25/2-26/3/14

up*6/3-5/4/14

up*13/2-14/3/14

FOTO COPY

up*18/2-19/3/14

hw*18/2-19/3/14

GAJI KURANG Beban Banyak? Mau Penghasilan Tambahan Tanpa Tinggalkan Kerjaan Sekarang? Hanya yg Serius & Mau. SMS: Nama-Kota-Usia-Pekerjaan ke 081938038828 Basra 106 Sby

hw*23/2-24/3/14

JUAL SPARE PART FOTO COPY Protolan / Mutilasi Terlengkap se Indonesia IR5000 / 6000, 6050, 6045, 6545, 6551, 6560, 5070, 5570, 6570 Hub. Jl. Manyar Sambongan 63 Telp. 031-71150150, 72150150, 08883778377

fn*23/2-24/3/14

CV. INDEKSLINK Cari Lulusan SMK / Diploma Bisa Komputer, Desain Corel Draw, Photoshop, Flash Maker dan Tahu Website. Diutamakan Bisa Bahasa Programer Lebih Bagus. Datang ke: Perumahan Kahuripan Blok BD/X No.17 Sda Kota Telp. 03192453556

up*21/2-22/3/14

IR 5000 / 6000 / 6570, NP 6551 / 6545 / 6050 / 6035 / 6030. Harga Mulai 5 Jutaan. Manunggal Kebonsari No 17. Hub : (031)72666777, 081331660077.

up*26/2-25/3/14

hw*24/2-25/3/14

LOWONGAN

KOMPUTER MONITOR TABUNG MATI / RUSAK Rp.50 Rb Kalau Nyala Lebih Tinggi Lagi Juga Cari Komponen Komputer: CPU, MB, PS, Hardisk, VGA, Memory Hub: HARI Telp. 03172590204, 081335913062

hw*11/2-12/3/14

fn*22/2-23/3/14

MESIN

up*20/2-21/3/13

LBB di Kebraon Sepanjang Membutuhkan Tenaga Pengajar TK, SD, SMP, SMA, Bhs.Inggris, Mandarin, Seni Rupa Berminat Hub: 031-72147445 atau 087853611273. Kita Juga Membuka Kerjasama dgn LBB yg Berminat.

up*18/2-19/3/14

SERVICE SERVICE AC, Kulkas, Freezer, dll. Terima Service, Perbaikan, Jual/Beli AC, Bekas/Baru, Bongkar/Pasang Kerja 24 Jam. Harga Bersaing, Bergaransi. Insya Allah Anda tdk Kecewa. Melayani Sda-Sby Hub. 03191421029, 083830007374 Ds.Pepe, Sedati Sda

DICARI SOPIR SIM A atau B1, Max Usia Kurang Lebih 30 Th ke Atas, Lamaran Langsung dibawa ke Raya Kupang Jaya 19, Segera KERJA DIRUMAH Komisi 350 / Hari, Alat dan Bahan dari Kantor Jl. Bubutan 22-G depan BG Junction Carrefour Blauran, HDN Cab Sby SMS : 082382663968

up*11/2-12/3/14

kajian Alquran dan tanya jawab bersama KH Muh Salim Imron pada Ahad Kedua setiap bulan. Dilaksanakan bakda salat Subuh, diakhiri dengan salat Dhuha dan Hajat. Pada Ahad Keempat, materinya diganti Kajian Hadis.

ELEKTRONIK LOWONGAN

KERJASAMA

Diklat Salat Sempurna

hw*15/2-16/3/14

SUMBER TEKNIK SERVICE AC, Kulkas & Dispenser, Bongkar Pasang Kulkas, Freezer, Filter + Jual Beli. Hub. 03171991258, 081231434308 up*26/2-27/3/14

up*25/2-26/3/14

up*26/2-27/3/14


7

HARIAN BANGSA

SABTU, 15 MARET 2014

Syukuri Nikmat Nabi Sulaiman DO’A Nabi Sulaiman AS yang dipanjatkan kepada Tuhan Al lah SWT agar kita selalu bersyukur kepada Al lah SWT,dan selalu melakukan amal shaleh tanpa merugikan orang lain.semoga do’a nabi sulaiman ini dapat membimbing kita ke jalan yang benar.

Bacaan : ROBBI AUZI'NII AN ASYKURO NI'MATAL LATII AN'AMTA 'ALAYYA WA 'ALLA WAALIDAYYA WA AN' A'MALA SHOOLIHAN TARDHOOHU WA ADKHILNII BIROHMATIKA FII 'IBAADIKASH SHOOLIHIIN Terjemahan : "Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmatMu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh."

Waktu Tidur yang Tak Diperbolehkan dalam Islam Dalam Islam, semua perbuatan bisa menjadi ibadah. Begitu pula tidur, seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah saw. Dalam Al-Quran, Allah swt pun menyuruh kita untuk tidur. NAMUN, ternyata ada dua waktu tidur yang dianjurkan oleh Rasulul lah untuk tidak dilakukan. yaitu : 1. Tidur di Pagi Hari Setelah Salat ShubuhDari Sakhr bin Wadi’ah Al-Ghamidi rad liyallaahu ‘anhu bahwasannya Nabi shal lal laahu ‘alaihi wasallam bersabda : ”Ya Allah, berkahilah bagi ummatku pada pagi harinya” (HR. Abu dawud 3/517, Ibnu Majah 2/752, Ath-Thayal isi halaman 175, dan Ibnu Hibban 7/122 dengan sanad shahih). Ibnul-Qayyim telah berkata tentang keutamaan awal hari

dan makruhnya menyia-nyiakan waktu dengan t idur, dimana bel iau berkata : “Termasuk hal yang makruh bagi mereka – yaitu orang shal ih – adalah tidur antara salat shubuh dengan terbitnya matahari, karena waktu itu adalah waktu yang sangat berharga sekal i. Terdapat kebiasaan yang menarik dan agung sekal i mengenai pemanfaatan waktu tersebut dari orang-orang shal ih, sampaisampai walaupun mereka berjalan sepanjang malam mereka tidak toleransi untuk istirahat pada waktu tersebut hingga matahari terbit. Karena ia adalah awal hari dan sekaligus sebagai kuncinya. Ia merupakan waktu turunnya rizki, adanya pembagian, turunnya keberkahan, dan darinya hari itu bergulir dan mengembalikan segala kejadian hari itu atas kejad ian saat yang mahal tersebut. Maka seyogyanya

tidurnya pada saat seperti itu seperti tidurnya orang yang terpaksa” (MadaarijusSaalikiin 1/459). 2. Tidur Sebelum Salat Isya’ Diriwayatkan dari Abu Barzah radlyallaahu ‘anhu : ”Bahwasannya Rasulul lah

shallallaahu ‘alaihi wasallam membenci tidur sebelum salat isya’ dan mengobrol setelahnya” (HR. Bukhari 568 dan Muslim 647). Mayoritas hadits-hadits Nabi menerangkan makruhnya tidur sebelum salat isya’. Oleh sebab itu At-Tirmidzi (1/314) menga-

Pendekar Kapak Kuning, Robin Hood Tanah Jawa (624)

Warga Spanyol Tolak Akuisisi Masjid Cordoba RENCANA Gereja Katolik Spanyol mengambil alih Masjid Cordoba banyak dikritik. Langkah itu dianggap wujud tidak adanya pengakuan terhadap peradaban Islam di Spanyol. "Selama beberapa tahun terakhir, Keuskupan Cordoba menghapus istilah masjid dari semua selebaran informasi," demikian petisi yang disuarakan kelompok pembela hak Muslim Cordoba dalam "Save The Cordoba Mosque, seperti dilansir afp, kemarin (14/3). Menurut kelompok tersebut, banyak hal yang dihilangkan dalam eksistensi peradaban Islam Cordoba. Salah satunya, meniadakan pembangunan sejarah Masjid. Sebutan Masjid Cordoba pun d ihilangkan dengan mengantinya Katedral Santa Iglesia. Masjid Cordoba dibangun antara tahun 784-786 di masa pemerintahan Kalifah ABd Al-Rahman I. Awalnya, masjid ini berfungsi sebagai masjid selama lima abad. Pada masa kemunduran kekal ifahan Islam, masjid ini d iubah fungsinya menjadi gereja oleh Ferdinand III, Raja Castile. Yang disayangkan, Gereja mengumumkan kontrol atas situs agama sejak tahun 2006 tanpa memberitahu pemerintah. Baik Muslim maupun pembela hak umat Islam menilai langkah tersebut merupakan upaya terselubung Gereja Katolik menekan peninggalan peradaban Islam. Sebelumnya, sebanyak 156 ribu tanda tangan dibubuhkan umat Islam dan Kristen terkait rencana gereja tersebut. "Bagi warga Cordoba, sungguh menyakiti perasaan bila mereka mengubah sejarah," kata Antonio Manuel Rodrigues, Pakar Hukum Universitas Cordoba. Di sisi lain, Gereja Katolik Spanyol telah mendapat dukungan dari kalangan konservatif. Mereka selanjutnya membuat petisi tandingan dengan mengumpulkan lebih dari 96 ribu tandatangan. (epu/nis)

Dullah Ajak Anak-anak Salat

Bukti Ilmiah Bulan Terbelah TERDAPAT bayak Mukjizatmukjizat yang diingkari oleh kaum musyrik disebabkan kedengkian mereka terhadap islam, Di antaranya adalah Mukjizat Peristiwa terbelahnya Bulan yang disebutkan dalam Al-Quran di Zaman Rasulul lah Saw atau 14 Abad yang lalu: “Telah dekat datangnya Hari Kiamat dan Bulan telah terbelah * Dan jika mereka (orang-orang musyrikin) melihat suatu tanda (mukjizat), mereka berpaling dan berkata: “(Ini adalah) sihir yang terus menerus” * Dan mereka mendutakan (Nabi) dan mengikuti hawa nafsu mereka, sedang tiap-tiap urusan telah ada ketetapannya” “Dari Abdullah Berkata bahwa ?Bulan terbelah menjad i dua bagian d i zaman Rasulul lah,

kemud ian Rasulul lah Saw bersabda: “Saksikanlah” (HR. Muslim: 7249) Dalam diriwayat lain dijelaskan bahwa Ketika kaum Kafir Makkah meminta Rasulul lah untuk memperl ihatkan tanda-tanda kebesaran Allah serta menguji kebenaran Risalah baginda Rasulullah dengan memintanya Membelah Bulan, maka Allah Swt mengabulkan Doa beliau hingga pada malam hari tampaklah bulan terbelah menjadi Dua bagian, di mana bagian lainnya berada di sisi Gunung Safa dan bagian lainya di sisi Gunung Qaikaan dan terlihat di antaranya bukit Hira , tapi mereka Kafir Makkah malah mengingkari Mukjizat tersebut dan berkata: “Muhammad telah Menyihir Kita”, kemudian sebagiannya berkata: “

jika benar kita tersihir dia tidak akan bisa menyihir semua manusia Maka tunggulah sampai datang berita dari Orang-orang yang melakukan perjalanan jauh, ketika mereka (para Musafir) tiba mereka pun mengatakan bahwa mereka menyaksikan hal yang serupa. Tetapi Kaum Kafir Makkah tetap mengingkari Mukjizat tersebut dan berkata : “…(Ini adalah) sihir yang terus menerus”. Beranjak Dari berbagai Riwayat yang serupa, kita dapat meyimpulkan bahwa kejadian itu tidak hanya disaksikan oleh kaum Kafir Makkah saja tetapi Manusia yang berada di tempat selain Makkah pun pada waktu itu dapat menyaksikan peristiwa itu seperti yang dilakukan oleh Abu Jahal bahwa dia pernah menunggu para pedagang yang berdatangan dari berbagai Negeri jauh (seperti Syam) untuk menanyakan Peristiwa tersebut, maka mereka juga menyaksikan hal tersebut. (bersambung)

BAGI yang sudah menguasai huruf hijaiyah, Dullah mulai mengajarkan membaca. Biasanya, dilakukan setelah 'kelas' untuk anak-anak yang masih belajar huruf hijaiyah. Jadi, ketika mereka pulang, saat menjelang maghrib. Dullah mengantar mereka satu per satu sampai ke depan pintu rumah. Lalu, Dullah melanjutkan sampai ke masjid. Untuk mend id ik mereka, Dul lah akhirnya mengajak mereka salat asar berjamaah. Memang beberapa bisa masuk ke musala, tetapi sebagian dari mereka salat di rerumputan luar musala. Kegiatan ini cukup membuat para ibu-ibu berbahagia. Anak-anak mereka kini tidak melulu main di waktu sore hari. Mereka semua mengaji kepada Dullah di musala. Bahkan, tak jarang Dullah terpaksa salat berjamaah dengan anak-anak dan tidak ke masjid. Pasalnya, mereka semua belum selesai mengaji. Dan saat pulang pun menjelang atau sesudah salat isya. Tak jarang anak-anak ini tertidur di musala. Dengan telaten, satu per satu, anak-anak yang tidak dijemput orang tuanya, digendong dan diantar pulang ke rumah masing-masing. Dullah cukup berbahagia dengan kegiatannya. Ketika pagi dan siang hari, Dullah merawat kebunnya, dan menjelang sore hari, Dullah sudah berada di musala. Praktis, Dullah menjadi jarang ke masjid yang baru dibangun bersama warga kampung Manyar. Meski begitu, kegiatan d i masjid juga banyak. Warga kampung sudah memercayakan kepada sesepuh untuk menjadi imam dan khutbah Jumat di masjid. Meski begitu, para warga kampung tetap menghormati Dullah dengan sepenuh hati, karena anak-anak mereka sekarang sudah mempunyai guru ngaji. Bagaimana dengan kelompok Celeng Bajul? Dengan semaraknya kegiatan keagamaan di kampung Manyar, menjadikan beberapa warga Manyar yang menjadi anak buah begal kejam ini, tidak terima. Mereka menjadi tidak nyaman hidup di kampung sendiri. Mereka tidak lagi bisa mabuk-mabukan di kampung. (bersambung)

PROPERTI JUAL RUMAH

PERLENGKAPAN RUMAH

JUAL TANAH

JUAL RUMAH Uk.5x13 (Luas Tanah 65 m2) Harga 140 Juta Nego, Siap Huni. Sambibulu RT.2 RW.1 Taman Sepanjang Hub: 03179592121, 085648313803 fn*15/3-14/4/14

RUMAH BARU SHM 2 Lt, Manukan Tengger Kandangan Hub: 031-34298222, 0811320869 (SMS) hw*14/2-15/3/14

JUAL PASIR BESI : 290 Rb, Batu Koral : 390 Rb, Sirtu : 250 Rb, Beskos : 85 Rb Hub: 08563463899 up*11/2-12/3/14

JUAL RUMAH Uk.5,5x16 SHM, Harga 160 Jt, Jl.Aloha Sidoarjo Hub: 085731123497 up*11/3-10/4/14

up*4/3-3/4/14

fn*5/3-4/4/14

up*7/3-7/4/14

PENGINAPAN

fn*21/2-22/3/14

HOSTEL**WIDURI**, Bersih-MurahNyaman, Mulai 75 Ribu / Malam, Siap Melayani Anda yg Sedang Perjalanan Dinas / Wisata ke Probolinggo. Jl.Soekarno Hatta No.65, (0335) 421310, 081234899009 (Syaiful) hw*18/2-19/3/14

hw*6/3-5/4/14

JUAL RUMAH JUAL RUMAH Perum Taman Pinang F1/ 20 Sda, L.300 m2, Uk.15x20, 1,5 Lt, 6 KT, 4 Km SHM, Bisa KPR Harga 1,4 M Hub: 03170626323 fn*5/3-4/4/14 fn*15/2-16/3/13

JUAL CEPAT RUMAH Dukuh Kramat 24/2 Kav.Baru Wiyung, Uk.8,5x12, 2 Lt, 3 KT, 2 KM, Garasi 4 Mbl, PDAM, Listrik 900 W, Jl. Lebar, Harga 850 Jt Nego. Hub: 082230140490, 031-70689950 up*27/2-28/3/14

hw*19/2-20/3/14

GRIYA KEBRAON BARAT Lt./Lb: 88/88, SHM, Selatan Renof, 3KT, 1KM, Carport, 540 Jt Nego. Hub: 031-77711009 up*11/3-10/4/14

GUDANG DIJUAL GUDANG SHM 600 m2 Contruksi Baja Fas: PLN, Telp Jl.Medokan Tambak VIII Kav.Bimoli Rp.2M Hub: 031-70990738, 081553778533

RUKO

hw*21/2-22/3/14

PROMO RANGKA ATAP GALVALUM 0,60 100Rb/m2, UD Langgeng Hub: 0317522595, 77257752, 085725690888

JUAL TANAH

JUAL RUMAH T.40 Gunung Anyar Mas Bangunan Baru 350 Jt dan Jual Villa Kampung City Wonosalam Jombang 90 Jtan Hub: 031-79655497, 081938200429

fn*18/2-19/3/14

KONTRAK RUKO 2 Lt, AC, Cepat (7 Jt) Kalilom Lor Timur 3 No.2 Hub: 03177130935, 082331265199 hw*14/2-15/3/14

hw*19/2-20/3/14

KAVLING SIAP BANGUN, SHM, Lingkungan Asri dan Strategis, Daerah Berkembang Hanya 50 Jt-an, Bisa Kredit DP Diangsur Hubungi: 031-7870835, 085856196777, 088801428854

TANAH TAMBAK Sangat Strategis di Rungkut Wonorejo - Dekat Mangrove Ls.+/ - 5Ha, Nol Jalan Cocok utk Perum Hub: 08563463899 T.P up*18/2-19/3/14

BUTUH UANG CEPAT !! Jual Rumah L.97m2, Uk.7,5x13, 3 KT, 1 KM, Harga 365 Juta, Jl.Kedurus 3 Gg Pilang Indah No.21 Sby Barat Hub: 031-70051919

DIJUAL RUMAH Puri Safira D7/31 Surabaya Barat. 250 Jt Bisa Lanjut Angsuran. Hub: 081939300734

MURAH Tanah Kavling Sidowungu Menganti Uk.7x12 Harga 30 Jt, Terbatas, Lok Tepi Jalan Hub: 031-91957574, 70172322

OBRAL TANAH KAV Siap Bangun Uk.6x17 m = 55 Jt, Bisa Diangsur (14 Kav) Ds.Wringin Pitu Krian Balongbendo (Blkg SMP Proklamasi) Telp. 031-72427171, 085733248871, 085230810121

fn*5/3-4/4/14

up*25/2-26/3/14

up*8/3-7/4/14

fn*15/2-16/3/14

hw*21/2-22/3/14

fn*12/2-13/3/14

takan : “Mayoritas ahli ilmu menyatakan makruh hukumnya tidur sebelum salat isya’ dan mengobrol setelahnya. Dan sebagian ulama’ lainnya memberi keringanan dalam masalah ini. Abdullah bin Mubarak mengatakan : “Kebanyakan hadits-hadits Nabi melarangnya, sebagian ulama membolehkan tidur sebelum salat isya’ khusus d i bulan Ramadlan saja.” Al-Hafid h Ibnu Hajar berkata dalam Fathul-Baari (2/ 49) : “Di antara para ulama mel ihat adanya keringanan (yaitu) mengecualikan bila ada orang yang akan membangunkannya untuk salat, atau diketahui dari kebiasaannya bahwa tidurnya tidak sampai melewat kan waktu salat. Pendapat ini juga tepat, karena kita katakan bahwa alasan larangan tersebut adalah kekhawatiran terlewatnya waktu salat.” (era/nis)

hw*14/2-15/3/14

RESTORAN JUAL RESTORAN 2,5 Lt Beserta Isi / Peralatan Harga 2M, SHM, Lt.230 m2, Lb.+/ 1 450 m2, Parkiran. Hub: 031-72087670, 081230656757 up*14/2-15/3/14


HARIAN BANGSA

Kaca Mobdin Wakil Ketua Dewan Dipecah

SABTU, 15 MARET 2014

8

Sunari terbaring lemas menjalani perawatan di RSU dr Haryoto, Lumajang. Dia menjadi korban pelemparan bondet.

Uang Jutaan Rupiah Amblas

foto: imron/HARIAN BANGSA

JEMBER - Modus pencurian dengan memecahkan kaca mobil kembali terjadi di wilayah hukum Polres Jember. Kali ini yang menjadi sasarannya mobil dinas (mobdin) milik Wakil Ketua DPRD Jember dari partai PKB, Miftahul Ulum. Saat parkir di depan rumahnya di Desa Klompangan Kecamatan Ajung, kaca mobdin miliknya dipecah pencuri. Ulum menjelaskan, saat itu ia sedang mengantar istrinya ke rumah mertuanya di Desa Klompangan. Pada saat tiba di rumah mertuanya, mobdin diparkir di depan rumah. Sepuluh menit menit kemudian dia bergegas berangkat ke kantor. Saat akan naik ke dalam mobil itulah, baru diketahui kaca samping sebelah kiri mobilnya ternyata sudah pecah. Setelah dilihat, tas berikut isinya yakni uang tunai sebesar 4 juta, dan barang berharga lain dicuri. Ulum mengaku sudah melaporkan kasus tersebut kepada pihak kepolisian, dan saat ini sedang dilakukan pendalaman. Dia berharap, kasus tersebut bisa segera terbongkar sehingga masyarakat lain bisa merasa aman.(yud/lan)

9 Pengedar dan Pengguna Narkoba Dibekuk BANYUWANGI - Satuan Narkoba Polres Banyuwangi mengamankan 9 pelaku pengguna dan pengedar narkotika jenis sbahu-shabu. Dua diantaranya merupakan pengedar obat-obatan daftar G. Kapolres Banyuwangi, AKBP Yusuf menyampaikan, dalam operasi yang digelar selama 1 minggu, Polres Banyuwangi mendapatkan 7 kasus peredaran narkoba dengan melibatkan 9 tersangka. Barang bukti yang berhasil diamankan adalah 12 paket sabhu-sabhu, 2.344 butir trex, ponsel 8 buah, timbangan elektronik 1 buah dan alat hisap bong 3 buah. “Penangkapan 9 pelaku pengguna dan pengedar narkoba ini, berdasarkan laporan dari beberapa polsek dimana lokasi penangkapan pelaku,” ungkap Yusuf. Menurut Kapolres Yusuf, operasi narkoba yang dilakukan Polres Banyuwangi, setiap saat digelar. Dari 9 pelaku yang tertangkap beberapa orang merupakan pelaku lama, sedangkan yang lainnya merupakan pendatang baru. (bwi-1/lan)

Pergoki Rampok, Dibondet Sekujur Tubuh Penuh Luka Bakar Lumajang HARIAN BANGSA Sunari (45 tahun) warga Desa Jatigono, Kecamatan Kunir terbaring lemas d i ruang

Kenanga 14 Rumah Sakit Umum dr Haryoto, Lumajang, Jum'at (14/3). Dia dilarikan ke rumah sakit lantaran sekujur tubuhnya penuh luka bakar akibat dilempar bom petasan (bondet,red) oleh sekelompok perampok bercadar sekitar pukul 02.00 dinihari, Kamis (13/ 3). Selain luka bakar, kulit kedua paha Sunari mengelupas. Informasi yang dihimpun

menyebutkan, Sunari awalnya mendapat telpon dari tetangganya Achmad yang tidak lain adalah saudara korban. Dalam pembicaraan Achmad, rumah Achmad disatroni 2 kawanan perampok bercadar. "Mendapat telepon itu, saya keluar rumah dengan membawa celurit dan senter kecil," kata Sunari sambil menahan sakit. Ketika keluar rumah, ungkap Sunari, ternyata masih ada dua perampok yang mengintai

rumahnya. "Ketahuan oleh saya, para perampok yang berjaga di luar langsung melemparkan bondet ke arah saya, langsung seketika saya tidak sadarkan diri," terangnya. Anak korban Ulfiah (19) membenarkan jika orang tuanya menjadi korban pelemparan bondet perampok bercadar. Saat itu, dirinya mendengar suara keras dari luar rumah. Dia terkejut lantaran orang tuanya menjadi korban bondet. "Terdengar keras hingga

kaca tetangga bergetar," ucapnya. Setelah melakukan aksi perampokan di rumah Achmad, kawanan penjahat kabur dan berhasil menguras uang, perhiasan, dan beberapa handphone. Diperkirakan korban mengalami kerugian puluhan juta rupiah. Kasat Reskrim Polres Lumajang membenarkan perampokan di Desa Jatigono, Kecamatan Kunir. Pihaknya terus melakukan penyelidikan. (lmj-1/lan)

956 Kertas Suara Didapati Rusak Probolinggo-HARIAN BANGSA Sebanyak 956 surat suara DPRD Kabupaten Probolinggo ditemukan rusak. Kerusakan kertas ditemuan usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo melakukan pel ipatan. Kerusakan surat suara yang paling banyak ditemukan untuk surat suara dapil 4 meliputi Kecamatan Kraksaan, Besuk dan Gading dari tu-

juh dapil yang ada. “Di dapil empat, mencapai 657 surat suara, sementara dapil yang lainnya dibawah jumlah itu,” ujar anggota KPU Devisi Logistik dan Keuangan Isfak Yuliyanto kepada sejumlah wartawan. Diakuinya saat proses pelipatan, temuan surat suara yang rusak tersebut nyaris merata untuk semua Daerah Pemilihan

(Dapil) yang menyebar di 24 Kecamatan se – Kabupaten Probolinggo. “Kerusakan surat suara itu diantaranya berupa bercak, berlubang dan sobek,” tegas Isfak Kerusakan surat suara tersebut, lanjutnya, murni dari pengiriman dan hanya 0,1 persen saja dari total surat suara yang ada. “Itu hanya untuk DPRD tingkat Kabupaten

saja lho ya, yang lainnya masih belum kita simpulkan,”tandas Isfak. Pihak KPU Kabupaten Probolinggo telah melaporkan ke pihak percetakan dan KPU Provinsi Jawa Timur. “Kami sudah melaporkannya, untuk segera d ilakukan pergantian bila diperlukan,” pungkas Anggota KPU Divisi Bagian Logistik dan Keuangan. (ndi/lan)

Polisi Militer Razia TNI ‘Nakal’ di Jalan Raya Bondowoso-HARIAN BANGSA Maraknya Anggota TNI yang melanggar dan kurang disiplin dalam berlalu lintas, membuat jajaran Polisi Militer (PM) Bondowoso menggelar razia anggota TNI di jalan raya. Tak hanya itu, selain menertibkan anggota TNI, pada razia kali ini juga dalam rangka mengantisipasi keamanan menjelang Pemilu Legislatif (Pileg) pada bulan April mendatang. Sertu CPM Yono E.S, Kabag OPS Polisi Militer Bondowoso menjelaskan, Satuan Pol isi Militer ini melakukan razia bagi para pengendara khususnya pada anggota TNI 0822 Kodim Bondowoso yang d inilai banyak banyak melakukan pelanggaran dalam berlalu l intas. Diantaranya, jarang memakai helm, dan tidak

Satuan Polisi Militer saat melakukan razia terhadap anggota TNI di jalan raya. foto:sugiyanto/HARIAN BANGSA memil iki surat-surat kendaraan bermotor. "Jadi kami tidak hanya memberhentikan anggota TNI yang berseragam saja, namun ma-

syarakat yang menggunakan atribut TNI seperti kaos, celana, dan atribut TNI lainnya juga diberhentikan, dan diberi peringatan untuk tidak memakai lagi

RUPA-RUPA RUPA-RUPA

MAKANAN

RUPA-RUPA MINUMAN

up*11/2-12/3/14

Dibuka, Mie Ayam Kaliurang (Khas Nikmatnya) Jl.Kol Sugiono (Waru), Datang utk Nikmati atau Ingin Jadi Mitra Usaha Kami, Info: Rommy, 085785762009 hw*1/3-30/3/14 fn*9/3-8/4/13

RUPA-RUPA up*13/2-14/3/14

up*26/2-27/3/14

JUAL ANYAMAN WEBBING ROTAN Spesialis Anyaman Antik Harga: Webbing Clos 3mm 37.000/m2, Webbing Clos Sendit 3mm 60.000/m2, Webbing Clos FOC 3mm 40.000/m2, Webbing Square 2,5mm 34.500/ m2, Webbing Open 2,5mm 59.000/m2, Anyaman 33 2,5mm 65.000/m2 Hub. Pak Yanto Telp. 031-70950008, 081332208448

MANDIRI SERVICE Cuci Sofa, Renovasi Sofa, Springbed, Kursi Kantor, Jok Mobil. Hub: 031-77797111, 71344795

BERAS ORGANIK Madura - Sehat - Murah - Enak - Pulen - Harga Promo Rp. 10 Rb / Kg Hub: Jl.Pagesangan 2 No.63 Sby Telp. 03170182870, 081231689596 hw*12/3-11/4/14

AHLI GIGI

up*13/2-14/3/14

“GIGI LANGSUNG JADI” Awet, Enak Dipakai Seindah Aslinya. Hub. 0318012259, 085646037676 Minggu, Hari Libur Buka !!!

MUSIK

hw*14/2-15/3/14

hw*20/2-21/3/14 hw*1/3-30/3/14

SINA WATER FILTER Sedia Alat Penjernih Air utk atasi air kotor, keruh, bau, warna pada air sumber/pam. Garansi Tabung 5 Th, Garansi Media 1 Th. Harga Terjangkau. Hub. 031-71249578, 7874951

AQUADEES MURAH BERKUALITAS Harga 13jt, 16jt, 23, 30, 39jt sd 99jt ATAU KERJASAMA TANPA BELI ALATJAMINAN Jaminan Bahan Baku Air Prigen dg Sumber & Mobil Tanki Sdri. Hub. Komp Ruko Cipta Menanggal 58 Sby Telp. 031-8295355, 77770776, 0817300776, 081232379770

fn*10/3-9/4/13

fn*1/3-30/3/14

fn*6/3-5/4/14

BASMI / ANTI RAYAP Hub. MTA PEST Telpon. 031-71121675, 91640803, 08123250626 hw*25/2-26/3/14

CV. BATU PENJURU Pest Control & Terminite Control Anti Rayap. No HP : Endra; 082131343472, Budi; 087851830170, 03140161335 hw*19/2-20/3/14

up*18/2-19/3/14

fn*11/2-12/3/14

atribut TNI lagi," ujar Sertu CPM Yono, Jum'at (14/3). Beberapa anggota Kod im 0822 Bondowoso yang mengendarai kendaraan roda dua saat diperiksa Surat Ijin Mengemudinya (SIM) habis masa berlakunya, dan tidak membawa surat-surat. "Petugas langsung melakukan pendataan dan memberikan peringatan keras untuk segera mengurus surat-surat kendaraanya yang masa berlakunya habis," imbuhnya Menurutnya, razia dilakukan oleh pihak Satuan Polisi Militer terhadap anggota TNI bertujuan agar taat dan memiliki kesadaran hukum. Menurutnya, razia akan terus dilakukan untuk menjaga kondusifitas keaman serta tertibnya berlalu lintas. (gik/lan)


9

HARIAN BANGSA

SABTU, 15 MARET 2014

Data BPK 2013, Bojonegoro Rugi Rp 14,9 T

DITANGKAP. Pelaku ketika berada di Mapolres Tuban.

BOJONEGORO-Laporan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Provinsi Jawa Timur menyebutkan kerugian Pemkab Bojonegoro sampai 31 Desember 2013 mencapai Rp 14.906.544.009. Angka itu didapat dari 161 kasus yang terjadi. Dari jumlah kerugian yang ada, telah disetorkan ke kas daerah sebesar Rp 6.793.576.628. Sedangkan sisa yang harus disetorkan lagi sebesar Rp 8.112.967.463. Rinciannya, kerugian daerah terhadap pegawai negeri bukan bendahara telah diselesaikan lima kasus sebesar Rp 39.257.800 dari delapan kasus sebesar Rp 57.357.800. Lima kasus tersebut telah ditetapkan. Selanjutnya, kerugian daerah terhadap pihak ketiga telah diselesaikan sebanyak empat kasus sebesar Rp 222.752.800 dari lima kasus sebesar Rp 225.942.800. Dengan rincian sudah ditetapkan tiga kasus sebesar Rp 128.500.000 dan dalam proses penetapan satu kasus sebesar Rp 94.252.800. Terakhir, kerugian daerah yang masih berupa informasi atau berasal dari hasil pemeriksaan BPK RI dan APIP serta belum d iproses sebanyak 148 kasus sebesar Rp 14.623.243.491. Dari jumlah tersebut yang telah disetorkan ke kas daerah sebesar Rp 6.531.566.028. Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah (BPKKD), Ibnu Soeyoeti mengatakan bahwa dari jumlah tersebut, hingga Maret 2014 ini telah ada sebagian kerugian yang dikembalikan ke kas negara. "Kalau terhitung hingga Maret ini sudah ada pengembalian yang masuk ke kas daerah,” jelas Soeyoeti, kemarin (14/3). (bjn-1/nis)

Kantor Kecamatan Mantup Dibobol Maling LAMONGAN-Dalam semalam, 2 aksi pencurian disertai pembobolan dengan sasaran komputer terjadi di Kantor Kecamatan Mantup dan SMPN 1 Mantup. Puluhan CPU, kamera, dan peralatan komputer raib digondol kawanan pencuri. Keterangan yang dihimpun menyebutkan,aksi pencurian pertama menimpa kantor kecamatan Mantup. Kejadian tersebut diketahui 2 penjaga kantor masing-masing Suwandi (49) warga Dusun Mantup Tengah Desa Mantup, dan Joko (49) warga Dusun Kopen Desa Mantup. Kedua penjaga ini kaget ketika hendak membersihkan kantor kecamatan sekitar pukul 05.00. Wib, kemarin (13/3). Jendela ruangan yang dipakai untuk memproses e-KTP terbuka dan ada bekas congkelan. Saat dilihat sejumlah peralatan seperti 5 unit CPU dan monitor serta kamera jenis canon raib dari tempatnya. Keduanya kemudian melapor ke Polsek terdekat. Dalam waktu bersamaan, aksi pencurian serupa menimpa SMPN 1 Mantup. Sejumlah komputer dan proyektor di sekolah tersebut raib dibawa kabur pencuri yang diduga lebih dari dua orang. Hilangnya sejumlah peralatan ini diketahui kali pertama oleh Wulandari (35), guru setempat dan Yusuf (32), saat hendak membuka ruang komputer. AKP Djoko Wibisono Kapolsek Mantup melalui Kasubag Humas Polres Lamongan, AKP Umar Dami yang dikonfirmasi membenarkan adanya aksi pencurian dan pembobolan. "Yang di SMPN 1 Mantup yang hilang antara lain 3 unit proyektor, 1 unit CPU datar 14 inch merek Hp, 12 CPU aktif merk Axioo, 1 CPU di Laboratorium Bahasa dan alat perekam dan DVD," ungkapnya. (ais/nis)

foto : suwandi/HARIAN BANGSA

Pelajar SMK Bobol Rumah Kiai Tuban-HARIAN BANGSA Seorang pelajar SMK swasta di Tuban berinisial DH (18) berulang kali membobol rumah kiai di Pondok Pesantren (Ponpes) Ash-Shomadiyah Tuban, Kiai Riza Shalahudin Habibi (40) . Dari pengakuan pelaku, ia telah mengambil sejumlah barang yang nilainya mencapai puluhan juta rupiah. Aksi pencurian dilakukan karena butuh uang untuk men-

traktir makan dan mengajak jalan-jalan sang pacar. Akibat perbuatannya, kini pelaku harus mendekam dalam tahanan Mapolres Tuban. Kasat Reskrim Polres Tuban, AKP Wahyu Hidayat menuturkan, pelaku merupakan tetangga korban yang rumahnya masih satu kompleks dengan area pondok, di Jalan Kh Agus Salim Kelurahan Kingking Tuban. Pelaku sebelum tertangkap, sebe-

narnya sudah diketahui oleh korban. Namun keesokan harinya pelaku kembali membobol rumah kiai dengan waktu yang sama. Dari situlah korban langsung melapor kepada petugas kepolisian. “Sebenarnya pelaku telah melakukan 5 kali pencurian, 4 diantaranya berhasil menggasak barang, sedangkan yang terakhir pelaku gagal karena kepergok korban saat bangun malam hendak

salat tahajud,” ungkapnya. Pelaku saat beraksi lewat sungai samping rumah korban. Kemudian memanjat pagar tembok lalu masuk lewat lubang angin-angin. Setelah berhasil mendapat barang berharga, pelaku keluar melalui jalan yang sama. "Tapi yang terakhir diketahui oleh korban, lalu dilaporkan polisi. Kemudian kita tangkap pelaku,” ungkap AKP Wahyu. (tbn-1/nis)

Panwas Izinkan Peraga Kampanye pada Reklame Gresik-HARIAN BANGSA Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Gresik membolehkan pemasangan alat peraga kampanye dipapan reklame komersil yang berada di jalanjalan protokol. Alasannya, papan reklame tersebut sudah dibeli oleh biro iklan sehingga termasuk wilayah privasi. ''Kami mendapatkan penjelasan kalau papan reklame itu sudah dikontrak oleh biro iklan. Dengan peralihan kepemilikan tersebut, meskipun berada

di jalan protokol papan tersebut milik pribadi. Sehingga pihaknya tidak bisa berbuat apaapa karena kategori tidak melanggar aturan apapun termasuk kesepakatan bersama. 'Kalau kawasan pribadi, terserah. Mau dipasang sebesar lapangan sepak bola tidak masalah asalkan diizinkan,'' ujar Ketua Panwaslu Gresik Sidiq Notonegoro, kemarin (14/3). Dari pantauan dilapangan, banyak calon anggota legislatif (caleg) yang kembali mema-

nfaatkan papan reklame yang berada di jalan protokol. Seperti pertigaan Masjid Agung Gresik (MAG), Jalan Jaksa Agung Suprapto, perempatan Kebomas, Perempatan Segoromadu dan Perlimaan Petro. Terkait dengan pelarangan yang pernah dilakukan sebelumnya, kata Sid iq, karena panwas belum mengetahui aturan penggunaan papan reklame mil ik Pemda tersebut. Setelah diketahui memorandum of understanding (MoU)

yang d ilakukan, pihaknya menilai bukan merupakan pelanggaran. ''Setelah kita cek, hal ini ternyata tidak melanggar, ya kita biarkan saja,'' tandasnya. Panwaslu Gresik, lanjut Sidiq, tetap akan menindak tegas seluruh alat peraga kampanye yang memang jelas-jelas melanggar. Sebaliknya, kalau tidak melanggar meskipun tempatnya di tempat yang dilarang pihaknya tidak bisa berbuat apaapa. ''Ini kan tergantung ada

aturan yang d ilanggar atau tidak, kalau tidak ya kita biarkan, kalau melanggar ya kita tertibkan,'' tutur dia. Sid iq juga meminta agar seluruh parpol bisa sadar untuk mematuhi seluruh aturan yang ada. Sehingga, seluruh agenda Pileg 2014 ini, bisa menguntungkan semua pihak. ''Kita semua harus bisa menjaga ketertiban dan aturan yang ada. Sehingga kita semua bisa fokus mensukseskan pileg kali ini,'' pungkasnya. (sho/nis)

Parpol Peserta Pemilu Deklarasi Damai TOTOLAN. Kecelakaan yang melibatkan empat kendaraan terjadi di jalur Surabaya-Lamongan tepatnya di Jalan Jagung Suprapto. Totolan melibatkan truk tronton box, 2 truk diesel dan sebuah mobil sedan Yaris. Nampak truk yang naik ke trotoar akibat kecelakaan. foto : haris/HARIAN BANGSA

Gresik-Tuban-HARIAN BANGSA Bupati Gresik Sambari Halim Radianto bersama jajaran Forpimda (forum pimpinan daerah) dan para petinggi partai peserta pemilu melakukan deklarasi damai di kantor Pemkab Gresik, kemarin (14/3). Deklarasi tersebut disaksikan oleh Ketua KPU Gresik, Alimin, Kapolres Gresik, AKBP E. Zulpan SIK dan Dandim 0817 Gresik, Letkol CZI Awang Pramila Loviantara. Sedikitnya ada lima kesepakatan yang d ideklarasikan dalam deklarasi yang dipimpin Kapolres Gresik itu. Ke lima kesepakatan itu adalah, siap melaksanakan pemilu jujur, adil, santun, dan bermartabat.

Selain itu, siap bekerjasama dengan penyelenggara pemilu dan tidak mengangkat isu sara. Bersama para pendukungnya, partai siap menjaga kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat). Siap menerima hasil pleno KPU dan siap dipilih juga siap untuk tidak dipilih. Kesepakatan itu ditandatangani masing-masing ketua partai juga mendeklarasikan, selanjutnya mendeklarasikan YKS (Yuk Kampanye Selamat) yang sebelumnya didahului dengan pemutaran cuplikan video kejadian kecelakaan lalu lintas sebagai motivasi. Sambari didampingi Kabag Humas Agus Setyo Prambudi mengatakan, sebagai kepala wi-

layah, dirinya sangat mendukung adanya deklarsai damai jelang Pileg 9 April 2014. Sebab, dengan adanya deklarasi tersebut, masing-masing partai bisa megendalikan massanya untuk tetap menjaga kondusifitas Kabupaten Gresik. "Kami yakin semua partai peserta pemilu sudah dewasa dalam berpolitik. Terlebih para caleg (calon legislatif). Mereka sama-sama menyadari dalam pertandingan ada yang kalah dan ada yang menang, ada yang jadi anggota DPRD dan ada yang tidak,” katanya. Ia mengajak semua petinggi partai agar tetap menjaga kondusifitas Gresik, baik pra-pileg maupun pasca-pileg. Sebab,

menjaga keamanan tidak bisa hanya dilakukan sendiri oleh aparat penegak hukum, tapi harus d ibantu oleh semua lapisan masyarakat. Sementara, di Tuban sebanyak 10 parpol peserta pemilu juga melakukan deklarasi di Aula Polres Tuban. Partai Gerindra dan Partai Bulan Bintang (PBB) tidak hadir dan tidak ikut menandatangani MOU kesepakatan damai. Kapolres Tuban Ucu Kuspriyadi mengatakan, meski dua parpol tak ada, namun penandatangan itu tetap sah. Ditambahkan Kapolres, ada 5 kesepakatan yang dibacakan para parpol dalam deklarasi damai tersebut. Pertama,

siap melaksanakan Pemilu Legislatif Tuban 2014 secara jujur, adil, santun, serta bermartabat. Kedua, siap bekerjasama dengan penyelenggara dan Pengawas Pemilu 2014, untuk tidak mengangkat isu-isu berbau SARA. Ketiga, bersama polisi dan aparat TNI siap menjaga situasi kamtibmas dan mengendalikan massa pendukung masing-masing. Keempat, menerima hasil pleno penyelenggara pemilu sesuai peraturan perundang-undangan. Dan terakhir, siap untuk dipilih dan tidak dipilih menjadi anggota Legislatif dan siap mendukung serta bekerjasama dengan anggota Legislatif terpilih, melalui pemilihan yang demokratis dan transparan. Sementara itu, Sekretaris DPC PKB, H Miyadi SAg saat ditemui mengatakan, pihaknya mendukung deklarasi damai itu. “Kalau ada yang melanggar kesepakatan penandatanganan damai ya harus ditindak sesuai dengan undang-undang yang ada. Kalau PKB akan tetap mendukung dengan kesepakatan deklarasi damai itu agar pemilu nanti bisa berjalan dengan lancer dan aman,” ungkap pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum KONI Tuban itu.(hud/tbn-1/nis)

PARANORMAL

JASA

SEDOT WC

DAMAI. Bupati Gresik Sambari Halim didampingi Kapolres AKBP E Zulfan ketika tandatangan kesepakatan deklarasi damai. foto : syuhud/HARIAN BANGSA

JASA KURSUS/PENDIDIKAN

TOUR & TRAVEL

“KASA” JASA BUAT LAPORAN PAJAK, Sistem ADM Keuangan & Privat Akuntansi / Pajak Utk Umum, Mahasiswa & Siswa (Teori / Praktek / Training) Telp. 085230477909, 0818562318, 085730101369

PENGOBATAN

hw*9/3-8/4/14

fn*7/3-6/4/14

fn*15/2-16/3/14

fn*1/3-30/3/14

“LBB ANUGERAH” MENERIMA BIMBINGAN BELAJAR SD, SMP, SMU, GROUP DAN PRIVAT DARI 20 RB S/D 50 RB PERDATANG HUB: 031-60395389, 085730489986

PERCETAKAN

BIMA SEDOT WC Limbah Lumpur Hub. 031-3291975, 08123002134 Melayani Luar Kota

up*18/2-19/3/14

fn*22/2-23/3/14

hw*11/2-12/3/14

up*12/3-11/4/14 fn*22/2-23/3/14

KEFIR SUSU FERMENTASI Sembuhkan Stroke, Diabet, Kanker, Jantung, Kolesterol, Alergi, Terbukti. Pemesanan Hub: 03170607440, 085732619070

BOSAN & CAPE BAWA PERUT BUNCIT KEMANA2...? Sudah Coba Segala Macam Diet Tapi Gagal? Kami Punya Solusinya, Aman & Garansi Uang Kembali Kalo Gagal Hub: 087838889988

hw*27/2-28/3/14

up*13/2-14/3/14

hw*12/3-11/4/14

hw*17/2-18/3/14

SUMBER LANCAR Ahli Atasi Saluran Air, WC, Dll. Mampet Tanpa Bongkar Juga Terima Sedot WC. Hub. 031-70770046, 71023046, 08179396676 hw*12/2-13/3/14

hw*11/2-12/3/14

LES Privat / Kls TK-SMA. Semua Pelajaran. Guru Datang Hubungi: 031-5015119, 083856446419 Terima Lamaran Guru

“Saatnya Beriklan di Internet” Terima Jasa Iklan Google Murah, Buktikan Order Akan Berlimpah Telp: 031-72833227, 081335640101

CV MITRA SEDOT WC Hub : 8791356/ 8712042, 24 Jam. Hari Minggu & Hari Besar Tetap Buka ada Discount.!!

“SIMPLE HARMONY SCHOOL OF MUSIC” Kursus Piano, Gitar, Akustik, Gitar Bass, Vokal, Biola, Drum, Saxophone, Keyboard, Kurikulum LCM, Jl.Pucang Anom Timur II No.33 Telp. 031-5013832, 083830149998

fn*2/3-1/4/14

BANK DANA SEGAR / TAKE OVER 2 Jt - 500 Jt Jaminan BPKB Motor / Mobil / SHM. Kedurus 30 Telp: 031-81294375, 081703162465

hw*27/2-28/3/14

hw*28/2-29/3/14

hw*27/2-28/3/14

up*25/2-26/3/14


HARIAN BANGSA

SABTU, 15 MARET 2014

10

Program Kerja DPRD Kabupaten Blitar

Komisi III Dukung Pembangunan Dermaga Brantas

Sulaiman Kepala Dusun (Kasun) Kedunglo menunjukkan jalan alternatif yang rusak. (foto : Agus HP/HARIAN BANGSA)

Jalan Paving Rusak Parah SIDOARJO-Jalan paving sepanjang 1000 meter di Desa Kedung Rawan Kecamatan Krembung rusak parah. “Kami ingin memperbaiki sendiri. Namun anggaran desa tidak ada. Kami berharap bantuan dari Pemkab Sidoarjo. Sebab, usulan sudah dilakukan melalui Musrenbang, sampai sekarang belum terealisasi,” kata Kusnan Kepala Desa (Kades) Kedung Rawan, Jumat (14/3). Perbaikan jalan itu sangat diperlukan karena bila jalannya baik, maka bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Jalan ini merupakan jalan tembus yang menghubungkan desa lain, yakni Desa Kedung Sumur. Kerusakan jalan tersebut sudah dirasakan oleh warga sekitar 3 Tahun lamanya. Aktifitasnya sangat berguna apabila ada warga yang mempunyai hajatan di jalan utama. Sehingga warga dan pengguna jalan menggunakan jalan tembus itu. “Secara swadaya kami sudah menguruk dengan sirtu. Namun urukan cepat habis, jalan kembali rusak dan bila hujan beletok’an,” tambah Sulaiman Kasun Kedunglo.(gus/dar/fya)

Blitar-HARIAN BANGSA Komisi III DPRD Kabupaten Blitar mendukung sepenuhnya rencana pembangunan dermaga penyeberangan sungai Brantas. Pembangunan dermaga sungai Brantas dinilai merupakan salah satu solusi untuk mengurangi resiko kecelakaan transportasi penyeberangan di sungai tersebut. Menurut keterangan Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto, penyeberangan tambang di kawasan sungai Brantas yang tersebar di 15 titik di Kecamatan Wonodadi dan Srengat memicu kecelakaan lalu l intas yang mengakibatkan korban jiwa. Selain itu, warga yang menyediakan jasa penyeberangan tidak mengantongi ijin, sehingga keselamatan penumpang tidak terjamin.

Untuk itu, dewan mendukung adanya rencana Pemerintah Propinsi Jawa Timur yang akan melakukan pembangunan dermaga jembatan tambang di 4 titik penyeberangan sungai yang menghubungkan antara Kabupaten Bl itar dan Kabupaten Tulungagung. Termasuk jika daerah diminta menyiapkan anggaran pendamping melalui APBD, dewan akan mendukung. Namun anggota dewan dari PDIP itu meminta warga yang selama ini sudah lama menjadi penyedia jasa tambangan tetap dilibatkan. ‘’Karena selama ini mereka mengantungkan hidupnya dari hasil tambangan,’’ ujarnya. Sementara dari hasil pengecekan lokasi Dinas Perhubungan dan LLAJ Propinsi Jatim beberapa waktu lalu, untuk tahap awal Pemprop Jatim baru akan

membangun dermaga di 4 titik penyeberangan sungai yang menghubungkan antara Kabupaten Bl itar dan Kabupaten Tulungangung. Saat ini proyek itu dimulai dengan study kelayakan. Sementara Pemba-ngunan fisiknya rencananya akan dimulai tahun 2014 ini dengan anggaran yang d ibutuhkan mencapai Rp 1 miliar. Untuk pengalokasian anggaran dari keempat titik tersebut, satu titik anggaran diambilkan dari APBD Propinsi dan 3 titik dari APBN. ‘’Kami telah berkoordinasi dengan Pemprov Jatim terkait ijin penyeberangan ini. Hasilnya Pemprov akan membangun beberapa fasilitas yang lebih memadai,’’ ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Blitar, Suyanto. Kasi Angkutan Air Sungai dan Danau Dinas Perhubungan dan

Komunikasi Sosial Sangat Diperlukan Saat Bencana Peserta Pemilu menandatangani ikrar Pemilu damai.

Foto:tri susanto-HARIAN BANGSA

Pimpinan Parpol Deklarasikan Pemilu Bersih Blitar-Sidoarjo HARIAN BANGSA Perwakilan Parpol serta Caleg se Kabupaten Blitar dan Sidoarjo mengadakan deklarasi damai untuk pemilu bersih, Jumat (14/3). Acara yang digelar di aula Polres Blitar itu dihadiri Ketua KPU Kabupaten Blitar Miftachul Huda dan Ketua Panwas Kabupaten Blitar Edy Bachtiar. Sedangkan di Sidoarjo di Mapolres Sidoarjo Para perwakilan menandatangani kesepakatan damai setelah membacakan ikrar yang berisi 5 kesepakatan damai dengan disaksikan Kapolres Blitar AKBP Indarto, Komandan Kodim 0808 Letkol Tedjo Widuro, Komandan Batalyon 511 serta Wakil Bupati Blitar Rijanto. Sebelum membacakan dan menandatangani ikrar damai, para perwakilan Parpol dan Caleg mendapat pemaparan kriminalitas dari Polres Blitar Kasat Reskrim, AKP Ngadiman Rahyudi dan Kasat Intel AKP Budi setyo. Sedangkan terkait kemungkinan terjadinya pelanggaran lalu l intas dijelaskan Kasat Lantas, AKP Mario. ‘’Kami tidak ingin kecolongan seperti kecelakaan di Probolinggo. Untuk itu seluruh peserta kampanye dilarang menggunakan kendaraan bak terbuka dan menggunakan motor di luar batas kecepatan. Apalagi menggunakan knalpot bronk. Jika pelanggaran terjadi secara tegas akan kami tindak,’’ tegas

Ada Anggaran BBM Rp 120 Juta dan Rp 300 Juta Pasuruan-HARIAN BANGSA Ditahun anggaran 2013 yang lalu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pasuruan, yang dikomandani Ir Bambang Abimanyu, diduga telah melakukan penyimpangan anggaran bahan bakar minyak (BBM) . Dugaan penyimpangan anggaran BBM di Bappeda Kabupaten Pasuruan, dapat diketahui di Rencana Umum Pengadaan (RUP) Bappeda Kabupaten Pasuruan tahun anggaran 2013, dimana dalam belanja pemeliharaan kendaraan dinas operasional, dan pemeliharaan kendaraan dinas jabatan, didapati anggaran BBM sekitar Rp 300 juta. Sedangkan di RUP Bappeda Kabupaten Pasuruan di tahun yang sama, yaitu tahun 2013 yang lalu, juga di-

hayakan bagi masyarakat yang menggunakan jasa penyeberangan. Akibat kurang layaknya sarana penyeberangan ini, beberapa kali terjadi kecelakaan. ‘’Ada 4 lokasi yang akan dibangun dermaga. Supaya proses penyeberangan lebih aman,’’ terangnya. (tri/adv/fya)

Dua Oknum PNS Pemkot Adu Jotos

KEDIRI-Pasca diumumkannya Joko Widodo (Jokowi) menjadi calon Presiden (Capres) yang diungung PDI Perjuangan, jajaran pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan langsung menyambut positif. Salah satunya DPC PDI Perjuangan Kota Kediri. Menurut Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Kediri Wara S. Renny Pramana, Jokowi menjadi capres, sudah ditunggu masyarakat cukup lama, terutama simpatisan PDI Perjuangan Kota Kediri. “Tentunya kami menyambut baik dan gembira atas kabar ini, karena sudah berharap cukup lama,” ujar Renny, Jumat (14/3). Langkah selanjutnya yang dilakukan DPC, perempuan yang juga Ketua DPRD kota Kediri ini, masih belum bersikap. Sebab, meski sudah diumumkan di media televise akan pengumuman Jokowi sebagai capres. Namun, secara struktural akan menunggu instruksi resmi dari DPP maupun DPP. “Untuk sementara, tentunya kami menunggu secara resmi dari DPP untuk langkah-langkah selanjutnya,” jelasnya.(rif/fya)

Jajaran petinggi TNI bersama Bupati Kediri Haryanti Sutrsino saat foto bersama dalam rangka sosialisasi di SLG Kediri. Foto : Agatha/harian bangsa

LLAJ Propinsi, Drs Luhur mengatakan, Pemerintah Provinsi Jatim telah merencanakan pembangunan dermaga agar penyeberangan sungai ini lebih aman. Selama ini peralatan dan sarana yang digunakan untuk penyeberangan sangat sederhana. Sehingga sangat memba-

Diduga Rebutan Istri

DPC Bagikan Kaos Jokowi

KEDIRI-Salah satu keberhasilan dalam melakukan penanganan bencana, terutama letusan Gunung Kelud hingga tidak ada korban jiwa yakni adanya jal inan komunikasi yang baik antara TNI dan masyarakat. Demikian disampaikan Brigjen TNI (Mar) Sturman Panjaitan selaku Wa Aster Panglima TNI. Menurut Sturman, saat terjadi bencana Gunung Kelud, harus dikedepankan rasa persatuan, kebersamaan, solidaritas, gotong royong dan kekeluargaan. “Komunikasi sangat lah penting terutama untuk menghadapi bencana seperti yang beberapa waktu lalu terjadi di Kediri. Untuk itu, kami mengapresiasi bagusnya komunikasi antara TNI dan masyarakat Kediri,” ujarnya dihadapan para pelajar Kediri di Aula Simpang Lima Gumul (SLG), Jumat (14/3). Hal senada diungkapkan Komandan Kodim 0809 Kediri Letkol. Inf Heriyadi, dengan adanya kedekatan antara masyarakat dan TNI, maka akan semakin mempertajam pemahaman masyarakat tentangg Cinta tanah air dan kesadaran bela negara.“Kita berharap agar Sosialisasi wawasan kebangsaan sepertt ini dapat menjadi bagian dari program rutin pemda yang dibiayai APBD karena pemahaman kesadaran bela negara itu adalah program yang tidak Pernah ada akhirnya,” harap letkol inf Drs. Heriyadi,MSi. Untuk diketahui, dalam sosialisasi wawasan kebangsaan itu, selain diikuti para pelajar di Kediri, juga dihadiri Bupati Kediri Haryanti Sutrisno. (kdr-1/rif/fya)

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto (Kanan) saat menggelar rapat di gedung dewan.

Abimanyu dapati belanja BBM di 28 kegiatannya, dengan total anggaran BBM sekitar Rp 120 juta. Apabila di 28 kegiatan Bappeda Kabupaten Pasuruan sudah

AKP Mario. Di Sidoarjo, perwakilan dari Parpol peserta pemilu, Ketua KPU Sidoarjo, Bima Ariesdiyanto, Ketua Panwaslu Sidoarjo, Burhanudin, Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah dan Wakil Bupati Sidoarjo, HMG. Hadi Sutjipto, SH, MM serta jajaran Forpimda Sidoarjo juga hadir dalam deklarasi di Aula Mapolres setempat. Kapolres Sidoarjo AKBP Marjuki menyampaikan, agar para calon legislatif (Caleg) yang akan bertarung pada 9 April nanti selalu menjunjung tinggi sportifitas. "Saya yakin, para caleg peserta pemilu legislatif di Sidoarjo semuanya bertarung secara sportif dan damai," tegasnya. Menurutnya, jika pemilu damai, nama Sidoarjo semakin baik dan masyarakat pun akan senang. "Sidoarjo adalah kota damai yang harus kita jaga bersama," jelas Marjuki. Kapolres berharap agar para caleg yang akan bertarung dalam Pileg 2014 harus siap dipilih dan siap tidak dipilih. "Yang menang harus besyukur dan yang tidak berhasil juga harus siap," tuturnya.. Sementara itu, Bupati Sidoarjo H Saiful Illah meminta kepada para caleg saat kampanye tidak membawa isu sara dan isu-isu yang bisa merusak jalannya pemilu. "Silakan kampanye secara baik sehingga nantinya berbuah yang baik," tandasnya. (tri/dar/fya)

Kediri-HARIAN BANGSA AN dan HK dua oknum PNS Pemkot Ked iri adu jotos d i halaman Balai kota Ked iri, Jumat (14/3). Belum diketahui motif adu jotos kedua PNS yang sama-sama sudah mempunyai istri itu. Kedua oknum itu, awalnya terlihat cek cok mulut di halaman Bali Kota Kediri, hingga kemudian keduanya berakhir dengan duel satu lawan satu. Petugas Satpol PP yang mengetahui langsung berusaha melerai keduanya untuk diamankan ke kantor Satpol PP. Informasi yang didapat dari petugas Satpol PP menyebutkan, semula AN merasa cemburu, karena istrinya dekat dengan HK, yang sudah berkeluarga. AN meluapkan rasa kesalnya dengan mendatangi HK. Mereka lantas terlibat adu mulut, yang berakhir dengan saling pukul. Beruntung, beberapa orang pegawai dari bagian Humas dan Satpol PP segera melerai. Keduanya, bersama sang pe-

rempuan dibawa ke Mako Satpol PP, guna proses mediasi. Tetapi, penyelesaian masalah secara damai itu, tidak membuahkan hasil. “Tadi diamankan ke ruang Satpol PP. Selanjutnya, mereka diantar ke Inspektorat guna d ilakukan med iasi karena keduanya PNS,” ungkap salah satu sumber di Satpol PP Sementara itu, Kepala Satpol PP Kota Kediri, Ali Muklis membenarkan peristiwa pertika-ian diantara kedua PNS tersebut. Tetapi pihaknya memilih membawa kedua belah pihak yang berseteru di Kantor Inspektorat, untuk dilakukan mediasi. “Kami sifatnya hanya memisah atau melerai pertengkaran itu dan untuk tidak lanjut kami membawanya ke Kantor Inspektorat," terangnya. Namun demikian, Ali enggan untuk berkomentar mengenai latar belakang perseteruan mereka yang diduga karena rebutan perempuan. “Kelihatannya masalah keluarga,” jelasnya singkat. (rif/fya)

HK oknum PNS pemkot Kediri saat dibawa petugas Satpol PP untuk dimintai keterangan di kantor Inspektorat Kota Kediri. Foto : arif kurniawan/ harian bangsa

memiliki pos anggaran BBM, tentu bisa bertumpuk pertanggungjawaban di pos anggaran pemeliharaannya kendaraan dinas opersional dan kendaraan dinas jabatan. Sebab masih ada anggaran BBM yang begitu fantastis besarnya hingga mencapai sekitar Rp 300 juta. Ir Bambang Abimanyu, Kepala Bappeda Kabupaten Pasuruan ketika dikonfirmasi HARIAN BANGSA mengatakan di setiap kegiatan Bappeda tidak mesti menggunakan kendaraan opersional dan kendaraan jabatan. “Semuanya sudah sesuai mekanismenya. Tidak benar kalau dikatakan pemborosan, penyimpangan, apalagi tumpang tindih anggaran. Semua rancangan anggaran ini kan sebelumnya melalui penggodokan yang teliti dan cermat baik dari pihak eksekutif mau-pun legislatif. Kalaupun ada kelebihan anggaran BBM setiap tahunnya, sesuai aturan yang ada kita kembalikan ke Kas Daerah Kabupaten Pasuruan,“ tegas Kepala Bappeda Kabupaten Pasuruan. (lis/bmg/fya)

Dinas Kominfo Setiap Tahun Beli Komputer Pasuruan-HARIAN BANGSA Dinas Komunikasi dan Informatika (kominfo) Pemkab Pasuruan yang memiliki beberapa bidang serta ruang l ingkup kerja yang “sempit” itu, ternyata menyimpan dan memiliki pengadaan peralatan kantor berupa printer, computer, laptop, yang setiap tahunnya dianggarkan sekitar Rp 10 juta hingga Rp 100 juta lebih. Di RUP tahun 2011 saja, Dinas Kominfo Pemkab Pasuruan memiliki pengadaan Komputer, printer, laptop, mencapai total anggaran sekitar Rp 67 juta. Di RUP tahun 2012, Dinas Kominfo Pemkab Pasuruan memiliki pengadaan yang sama (pengadaan Komputer, printer, laptop), yang besaran anggaranya mencapai sekitar Rp 10.725.400. Begitu juga di tahun anggaran 2013, dimana Dinas Kominfo Pemkab Pasuruan dipimpin Sunyono, Kadis

Suharto Kominfo Pemkab Pasuruan, juga melakukan kegiatan pengadaan Komputer, printer, laptop, dimana besarnya anggaran di tahun itu terlihat meningkat yaitu sekitar Rp 79 juta. Dan di tahun pol itik ini, yaitu ditahun 2014, kembal i terulang pengadaan Komputer, printer, laptop, yang nilai anggaranya lebih tinggi dari tahun 2011, 2012, maupun dari tahun

anggaran 2013, yaitu sekitar Rp 138.445.000. HARIAN BANGSA yang mengkonfirmasikannya ke Sunyono Kadis Kominfo, Kholil Kabid Humas Dinas Kominfo Pemkab Pasuruan melalui sambungan telpon ke no hpnya, Jumat (14/3), sekitar pukul 13:45 Wib, handphone kedua pejabat Dinas Kominfo Pemkab Pasuruan tersebut aktif. HARIAN BANGSA kemudian mengkonfirmasikannya ke Suharto pejabat Assisten 1 Sekretariat Daerah Kabupaten Pasuruan, yang juga membawahi Dinas Kominfo Pemkab Pasuruan, dan juga Suharto menjabat Kadis Kominfo Pemkab Pasuruan. “Ya mungkin tiap tahun rusak. Jadi harus ganti. Dan sekarang duit nya banyak. Jadi ada kerusakan, ya beli. Kalau zamanku biyen ta wet wet. Soale duite titik. Kadang ya gantian, kan beda erane, “ terang Suharto. (lis/bmg/fya)


11

HARIAN BANGSA

SABTU, 15 MARET 2014

Marak Upal, Polsek-BI Lakukan Sosialisasi

Deklarasi Damai di Tanjung Perak SURABAYA- Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada partai politik (parpol) dan calon lesgilatif (caleg), dalam mengikuti Pileg tahun 2014 ini, Polres Pelabuhan Tanjung Perak menyiagakan dua personel kepolisian, dari Intel dan Babinkamtibmas. Serta dibantu satu personel dari Babinsa. Demikian disampaikan Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Aries Syahbudin, dalam deklarasi damai yang digelar di ruang pertemuan, Polres Tanjung Perak, Jumat (15/3) kemarin. Dari jumlah caleg yang ada di wilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, sebanyak 99 orang yang akan maju dalam Pemilu legislatif. Puluhan caleg tersebut terdiri dari 12 parpol, yaitu Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Kesejahteraan Sosial (PKS), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Gol kar, Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Kead ilan dan

Persatuan Indonesia (PKPI) AKBP Aries Syahbudin Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya mengatakan, "Dengan adanya deklarasi damai ini, diharapkan para caleg dapat melakukan kampanye secara positif, tidak menjelek-jelekkan calon lain sehingga pemilu berjalan lancar", jarnya. "Semua caleg dari 12 partai politik yang hadir telah sepakat untuk menciptakan Pemilu yang aman dan lancar. Mereka menandatangi lima kesepakatan damai yang tertulis dalam deklarasi," tambah Aries Syahbudin kepada wartawan, Jumat (14/3). Kapolres menilai dalam Pemilu legislatif tahun ini, berbeda dengan sebelumnya. Pola kampanye sedikit berbeda, dimana dalam satu Dapil ada 4-5 Parpol yang melakukan Kampanye, sehingga diperkirakan kerawanan diprediksikan cukup tinggi. Polres Pelabuhan Tanjung Perak, kata dia, menyiapkan empat pleton personel, diluar personel yang ada di tempat kampanye, guna pengamanan jalur-jalur kampanye. Selain itu juga akan ada personel yang ditempatkan untuk memantau dan berkoordinasi. (yan)

Surabaya-HARIAN BANGSA Semakin maraknya Upal (uang palsu), Polsek Bubutan menggandeng Bank Indonesia (BI) Kanwil IV Jatim melakukan Sosialisasi tentang ciri- ciri keaslian uang yang diselengarakan di Plaza Jembatan Merah (JMP) Surabaya kemarin (14/3). Data yang dikeluarkan BI, Jatim menjadi sasaran utama peredaran upal disusul Jawa Barat, Jawa Tengah dan DKI Jakarta. Tahun 2013, 30.675 lembar upal dari 108.240 lembar secara Nasional atau 24,54% beredar di Jatim. Kepala devisi sistem pembayaran Kanwil IV Jatim Yosifin Tyos Emmy mengungkapkan, sasaran peredaran uang palsu biasanya d ilakukan pada pedagang yang sibuk atau

ngan cara menukar uang. Stevanus Bud i Lazuard i Asisten Manager II BI Kanwil

IV Jatim, mengungkapkan cara mengenal ciri uang dengan diraba, dilihat dan diterawang (3D). Uang akan nampak benang pengaman, logo BI menggunakan tinta khusus serata ada cetak pelangi bila dilihat dari sudut tertentu. Lambang garuda tampak kasar bila diraba serta bila diterang akan ada tanda air dan logo BI terdapat gambar saling isi. Kapolsek Bubutan Kompol Suryo Hapsoro menjelaskan sosialisasi untuk edukasi pada masyarakat agar tidak tertipu. "Dengan memberi Sosialisasi kepada pihak pedagang, kami harap mereka lebih memahami keaslian uang dan dengan mereka mengetahui, akan lebih mempersempit para pelaku pengedar upal,"terangnya. (yan/ns)

jangan golput," tegasnya. Dari pantauan NU Online, acara pada malam itu lebih meriah daripada sebelumnya. Banyaknya bendera merah putih, bendera NU, dan bendera Ahbabul Musthofa yang d ikibarkan para jamaah

menambah semaraknya acara. "Memang polres pernah mengadakan acara serupa namun dahulu tidak seramai dan meriah sekarang," ujar Alim salah satu jamaah yang aktif ikuti pengajian d i Karanganyar. (nuo/ns)

pesantren. Apa tidak ada pejabat lain yang lebih layak diundang?"sarannya. "Ya saya tahu, dan kita juga telah beberapa kali mengundang pejabat yang sampeyan maksudkan, tetapi mereka tidak bisa nelor. Walaupun yang saya undang ini berwatak preman, tetapi yang penting bisa

nelor,"dalihnya. "Lha lalu pejabat yang sampeyan undang kali ini apa memang bisa bertelur?" tannyanya. "Tentu saja, itu lihat telornya putih-putih sebanyak berupa 12 unit komputer d i kantor," jawabnya enteng. "Ini sih namanya kiai pragmatis,"sanggahnya. (nuo/ns)

dengan puncak peringatan HUT HARIAN BANGSA. "Selain penyerahan hadiah, juga akan kita tandai dengan peluncuran bangsaonl ine.com,"papar Direktur HARIAN BANGSA HM Mas'ud Adnan. Beberapa tamu undangan siap menyatakan hadir pada

peringatan HUT HARIAN BANGSA hari ini. Mereka dari tokoh pol it ik , peme rintahan, anak yatim maupun dari PBNU. Selain itu wartawan daerah HARIAN BANGSA dari seluruh penjuru Jawa Timur menyatakan siap had ir. (ns)

bangsa Indonesia dari berbagai kemajemukan yang ada. Menurut dia peran NU yang menerima azas Pancasila itu final dan kontribusi organisasi itu menyatukan semua unsur yang ada, sehingga menerima semua golongan. "Selain itu sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki PKB memil iki kemampuan guna membangun Indonesia ke depan. PKB juga siap memimpin Indonesia, tidak kalah dengan kelompok dan elemen lain," tegas Marwan. Hal itu, menurut dia, dapat dilihat dari beberapa kebijakan yang dipelopori partai pimpinan Muhaimin Iskandar itu yang berpihak kepada rakyat. Dia mencontohkan di sektor

pend id ikan yang d imotori melalui pesantren, universitas, aliyah atau SMA, tsanawiyah atau SMP, ibtidaiyah atau SD, dan madrasah diniyah. Sektor itu menurut dia selain di sektor nelayan dan pertanian. "Itu semua bagian dari upaya PKB bagian sektor pendidikan," katanya. Dia juga mengklaim PKB juga sudah berbuat banyak dalam bidang kesehatan dan di sektor pedesaan juga sudah berbuat dalam pengembangan desa. Selain itu, menurut dia, PKB juga sebagai inisiator dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Desa lolos di Badan Legislatif (Baleg) DPR RI dan menjadi Undang-Undang. (rol/okz/ns)

langsung mengabul kan. Diakui, bahwa ipad, tab dan sebangsanya dengan sekian varian game elektronik memang keren dan simbol anak modern. Orang tuanya juga merasa sebagai keluarga trendy jika anaknya l ihai sentah-sentuh layar. Tapi apa manfaatnya?. Semua ahl i pendidikan sepakat, bahwa "itu barang" sangat berefek negatif pada prilaku anak, lelet berinteraksi, cepat emosi, maunya cepat d ilayani, bahkan, jika sedang asyik bermain, dipanggil siapapun tak akan peduli. Tak sedikit orang tua marah-marah mengancam hendak membanting ipad mainan anaknya. Dialah Umar ibn al-Khattab yang punya kata-kata: " 'alliqu al-sauth". Sediakan cemeti di rumah kalian dan gantungkan". Secara fisik memang begitu, di rumah Umar ada cambuk kecil yang digantungkan di sudut dinding. Gunanya jelas, untuk menghukum secara fisik anaknya yang tidak patuh, malas belajar atau malas beribadah. Tapi diriwayatkan pula, bahwa cambuk itu tidak pernah dipakai. Ini yang hilang di rumah kita, di sekolah kita, di TPQ kita. Era keterbukaan yang didampingi HAM amat kuat menjadi penguasa hingga

kebablasan dan mereduksi sebagian piranti pendidikan menuju anak shalih, ahli ibadah dan berakhlaq mulia. Menggantungkan cemeti di rumah bukanlah simbol kekerasan, melainkan simbol pendidikan yang mengandung makna peringatan terus menerus terhadap seluruh anggota kelurga agar senantiasa berusaha patuh dan taat beribadah dan tidak mencoba-coba melanggar. Cemeti yang digantungkan juga d imaksud kan aman dari jangkauan anak-anak dan tidak dibuat main-main. Maka tertanamlah di hati anakanak, bahwa cemeti khusus itu tidak lagi sebagai barang mainan, melainkan malaikat yang terus mengawasi dan siap mengekskusi. Meski demikian, Umar R.A. tak pernah mencemeti anaknya sendiri, sehingga semua anaknya menjad i orang-orang bagus dan patuh. Dialah bernama Ashim, anak lelaki Umar yang cakap dan cakep, menurut begitu saja terhadap pilihan orangtuanya menikahi Laila, anak perempuan penjual susu eceran. Umar yang presiden itu tidak malu besanan dengan keluarga miskin. Hasilnya, dari pernikahan ini lahir khalifah Umar ibn Andil Aziz yang kesohor adil dan sangat amanah.

Partai Golkar memasang iklan dengan jumlah spot sebanyak 487. Kemudian Partai Nasdem sebanyak 378 spot, Partai Gerindra 305 spot, PDI Perjuangan 273 spot. Lalu, PKB sebanyak 90 spot, Partai Hanura 80 spot, PAN 67 spot, PKPI 42 spot, PKS 9 spot, dan Partai Demokrat memasang delapan spot. Iklan-iklan kampanye dan politik itu, menurut Idy, penyebaran hampir di semua media penyiaran. Berdasarkan pan-

tauan KPI, penyebaran terbanyak di Trans Tv sebanyak 306 spot iklan. Kemudian 291 spot di RCTI, 239 spot di TV One, 220 spot di Metro TV, 194 spot di Indosiar. Kemudian 172 spot iklan di SCTV, 184 spot di ANTV, 139 spot di Trans 7, 137 spot di MNC TV, 133 spot di Global TV, dan 7 spot iklan di TVRI. "Polanya beraneka ragam, ada yang sebutkan nomor urut, logo, visi dan misi," ujarnya. (okz/rol)

Acara sosialisasi untuk mengetahui ciri uang asli dan palsu. waktu toko akan tutup. Modus pelaku dengan membeli barang yang tidak wajar ataupun de-

SAMBUNGAN Banyak Cibiran... Sambungan dari halaman 1 Dengan suara bergetar, mantan wali kota Solo tersebut akhirnya menyatakan kesiapannya menjadi calon presiden. "Saya telah mendapat mandat dari Ketua Umum PDI Perjuangan Bu Megawati Soekarno Putri untuk jadi calon presiden. Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim saya siap laksanakan," kata dia yang mengenakan baju sadariah khas Betawi, Jumat (14/3). Seusai mendeklarasikan diri, Jokowi kemud ian mencium bendera merah putih yang ada di dekatnya. Sebelum melakukan deklarasi, Jokowi sempat berkel il ing d i objek wisata rumah Si Pitung. Dia kemudian memasuki salah satu ruangan di rumah pahlawan asal Betawi tersebut selama 30 menit tanpa diikuti wartawan. Keluar dari rumah Si Pitung, dia langsung mendeklarasikan diri. Beragam Tanggapan Pendapat bernada kecewa dilontarkan sejumlah warga Jakarta terkait keputusan PDI Perjuangan yang secara resmi mengusung Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon presiden. Mereka kecewa karena mengetahui watak asli Jokowi yang sebenarnya. "Ternyata dia serakah jabatan. Kalau mau maju jadi capres kan bisa pemilu mendatang," kata Mardiana Tanjung (30 tahun), warga Kelurahan Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur kepada Republ ika, Jumat (14/3) petang. Wanita yang berprofesi sebagai tenaga kesehatan di rumah sakit itu berpendapat, ia menyesal telah memil ih Jokowi pada Pemil ihan Gubernur DKI Jakarta 2012 lalu.

KPK... Sambungan dari halaman 1 "Rumah yang di Duren Sawit itu atas nama Attabik Ali," ujar Jubir KPK, Johan Budi di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (14/3/2014). Berdasar informasi yang didapat, tanah dan rumah itu

Perbanyak... Sambungan dari halaman 1 "Dengan status saya yang tersangka, kapan saja saya bisa masuk ke penjara," kata Eddies di Jakarta Pusat, Jumat (14/3). Bahkan, istri Ferry Setiawan itu siap menghadapi kemungkinan terburuk harus tidur di balik jeruji besi.

Riau... Sambungan dari halaman 1 Dampak asap dikatakan makin terasa. Asap mulai menyusup ke dalam rumah tanpa bisa d ibendung. Hanya d i dalam kantor menurutnya yang relatif aman terhadap gempuran asap. Ketika mengendarai mobil siang hari, lampu jauh harus dinyalakan karena jarak pandang terbatas sekitar 50 meter saja. Dalam perjalanan ke kantor pun, warga tidak bisa menghindar dari menghirup asap tersebut. Rosita mengaku khawatir dengan kesehatan bayinya. Selama ini ia menyediakan tabung oksigen untuk agar buah hatinya bisa mendapat kan sedikit udara segar. Ia juga khawatir anak-anaknya yang lebih besar banyak tertinggal

Karena, dengan memil ih Jokowi ia berharap banyak bisa membereskan masalah yang ada di ibu kota. "Jakarta belum beres. Beresin dulu Jakarta baru nyapres," katanya dengan nada ketus. Sugeng Triono, warga yang juga pernah memilih Jokowi sebagai gubernur pada 2012 lalu, juga menyatakan kekecewaannya. "Baru sedikit perubahan yang kita rasakan semenjak dipimpin Jokowi, tapi beliau malah tergiur dengan jabatan yang lebih besar. Masih banyak PR yang belum diselesaikan Jokowi," kata Sugeng yang merupakan warga Rawa Belong, Palmerah, Jakarta Barat itu. Menurut Sugeng, sebagai gubernur, kapasitas Jokowi tak pernah ia ragukan. Tapi, keyakinannya itu berubah saat ia bersedia diusung menjadi calon presiden. "Khususnya dalam pergaulan internasional. Saya tak yakin Jokowi bisa memberikan perubahan bagi Indonesia," katanya. Ketua Forum Masyarakat Handarbeni Jawa Tengah, Agus Kiswadi, menilai, keputusan Gubenur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menerima mandat dari Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri untuk maju dalam pencapresan menandakan bila orang nomer satu di DKI Jakarta itu keblinger akan kekuasaan. Menurut Agus -panggilan akrab-, sebenarnya dari awal arah politik Jokowi sudah bisa ditebak. Bila mantan Wali Kota Solo itu tidak keblinger kekuasaan, tentu saja bukan jabatan sebagai Gubernur DKI Jakarta yang dikejarnya. "Saya sebagai orang Jawa Tengah, tidak pernah bangga terhadap Jokowi. Kalau Jokowi itu murni ingin menjad i seorang pemimpin, seharusnya dia (Jokowi) mencalonkan

d iri sebagai Gubenur Jawa Tengah, bukan sebagai Gubenur DKI Jakarta," papar Agus saat ditemui di Solo, Jawa Tengah, Jumat (14/3/2014). Agus mengaku tak habis pikir dengan pola pemikiran Jokowi. Pasalnya, keinginan Jokowi untuk menjadi Gubenur DKI Jakarta yang memiliki APBD jauh lebih besar dibandingkan Jawa Tengah sudah terkabul. "Mau jadi Gubenur dengan APBD yang jauh lebih besar sudah dikabulkan, terus sekarang mau jadi Presiden. Solo ditinggal, sekarang Jakarta ditinggal, ini berarti Jokowi benar-benar keblinger jabatan," jelasnya. Meskipun semua warga negara memiliki hak untuk mencalonkan diri sebagai Presiden, tapi seharusnya Jokowi itu menyelesaikan tugas-tugasnya terlebih dahulu terhadap Jakarta. Paslanya, mandat warga Jakarta kepada Jokowi baru saja diberikan, sehingga masalah Jakarta diselesaikan terlebih dahulu. "Keinginan Jokowi mengelola PAD Jakarta yang berlimpah saja tidak berhasil. Jakarta tetap saja banjir, gimana mengelola triliunan PAD negara, mau jadi apa negara ini," jelasnya. "Apa Jokowi ingin mel ihat kehancuran Jakarta. Apakah tidak ada kemungkinan warga Jakarta menuntut pemilihan ulang. Kalau Jokowi meninggalkan kursi Gubernurnya, bisa-bisa Jakarta bergejolak. Apa itu yang d iinginkan Jokowi," pungkasnya. Setelah Joko Widodo al ias Jokowi ditetapkan jadi calon presiden yang diusung PDI Perjuangan, pendukung Megawati Soekarnoputri (Promeg) Jawa Timur, mengancam akan menjadi golongan putih (golput). Hal tersebut d itegaskan Koord inator Promeg Jawa Timur, Bido Swasono, Jumat (14/3/2014). Bido menilai, Jokowi

bukan tipe pemimpin yang bisa membawa Indonesia lebih baik, mand iri dan terbebas dari kepentingan kapitalis. "Jika sudah positif mengusung Jokowi, Promeg Jatim siap 'golput'. Karena, Jokowi tak lebih dari pelaksana administrasi saja. Bukan sosok pemimpin," tegasnya. Dia juga menilai, Jokowi merupakan sosok bukan pemimpin visioner. "Kita khawatir jika Jokowi terpilih, sama dengan sosok SBY yang banyak d itunggangi kelompok kepentingan tertentu," ungkapnya. Bido juga menilai, Jokowi merupakan produk pemimpin yang dihasilkan oleh polling di sejumlah lembaga survei di Indonesia. "Jokowi belum memil iki kapasitas sebagai Presiden RI. Jokowi belum memiliki figur kepemimpinan yang kuat, menonjol dan layak jad i presiden," tandasnya. Promeg Jatim, tambah Bido, tak akan mengikuti keputusan PDI-P. "Ribuan simpatisan pendukung Megawati di Jatim, tetap akan menunggu keputusan dari Promeg Jatim secara organisasi," tegasnya. Promeg Jatim, katanya, masih menganggap sosok Megawati lah kader PDIP yang layak dan pantas dicalonkan Presiden 2014 mendatang. Alasannya, karena Mega memiliki pendirian dan ideologi yang kuat. "Keputusan Mbak Mega menunjuk Jokowi sebagai calon presiden, telah melanggar komitmennya sendiri. Yakni capres akan ditetapkan setelah pemilihan legislatif. Mbak Mega telah menjilat ludahnya sendiri," tegasnya. Selama ini, Bido menilai, Megawati adalah sosok yang dikenal kokoh memegang komitmen. "Saya menilai, keputusan Mbak Megawati menetapkan Jokowi sebagai capres hanya rumor murahan," katanya. (kcm/mtv/rol/rmc/okz/ns)

memang d ibel i oleh Anas. Namun Anas sengaja menggunakan nama ayah mertuanya untuk sertifikat tanah. Pemasangan plang itu dilakukan seminggu setelah rumah yang juga menjadi markas organisasi masyarakat yang didirikan Anas, Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI) resmi disita pada Jumat (7/3).

Pemasangan plang dilakukan oleh lima orang petugas KPK dibantu oleh dua orang anggota kepol isian dari Brimob bersenjata lengkap. Kyai Haji Atabik Al i adalah mertua Anas Urbaningrum, ayah Atiyyah Laila. KH Atabik Ali adalah anak dari KH Al i bin Maksum bin Ahmad, ulama yang dikenal sebagai

orang yang memulai pesantren Al- Quran d i Indonesia dan pend iri pondok pesantren Krapyak di Yogyakarta. Pesantren tersebut kemudian menjadi badan hukum dengan nama Yayasan Al i Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta yang dipimpin oleh KH Atabik Ali. (kcm/rol/okz/ns)

"Kalau memang harus masuk ke dalam penjara, ya siap enggak siap, enak enggak enak, suka enggak suka harus tetap jalani," ungkapnya. Namun, Eddies tetap akan mengupayakan hal tersebut tidak terjadi. Pasalnya, dia menganggap hal tersebut tidak adil. "Tapi dalam hal ini kuasa hukum saya tidak akan tinggal diam," tandasnya.

Dibalik kesedihan yang melandanya karena sang suami mendekam di penjara, Eddies Adelia menjadi belajar hidup mandiri. Eddies harus mulai mengatur beberapa masalah di rumah. "Masalah-masalah di rumah mulai genteng bocor, masalah air, listrik, jadi saya yang ngurus. Biasanya suami saya yang urus, tapi saya sekarang jadi belajar

mandiri," kata Eddies. Kini, Eddies mengaku menjadi single fighter di rumahnya. Namun, selama d it inggal suami, Eddies berusaha melakukan hal-hal yang positif. "Saya perbanyak dzikir, yang saya perlukan tenang, fokus, kalau panik saya enggak bisa berpikir jernih. Memang tidak mudah melakukan itu," katanya. (okz/kpl/ns)

pelajaran. Dinas Pendidikan setempat sudah mel iburkan anak kelas 1,2 dan 3 selama satu setengah bulan. Dua hari ini, murid SMA bahkan juga ikut diliburkan. "Kalau lebih lama dari ini, kasihan. Mereka kan mau ujian," katanya. Ia juga menyambut sinis rencana Presiden memimpin langsung pengendalian asap di Riau yang disampaikan lewat twitter. Langkah Presiden dinilai sangat terlambat. "Lagipula, Presiden mau mendarat dimana? Mau terbang pakai apa? Coba kasih tahu saya," katanya. Presiden Susilo Bambang Yud hoyono (SBY) memakai nada tinggi saat memimpin rapat penanganan asap Riau. Ia tak habis pikir bencana serupa terus terjadi di provinsi tersebut. "Ini terjadi lagi. Riau lagi," katanya saat memulai pengantar rapat lintas provinsi yakni

Jawa Tengah, Jakarta, dan Riau. Riau, kata dia, seharusnya bisa belajar dari peristiwa serupa tahun lalu. Kala itu, bencana asap terjadi bahkan sampai ke negara tetangga. Di tengah situasi krisis akhirnya dilakukan tindakan cepat. Jajaran TNI/Polri dikerahkan. Bahkan ketika itu, ia memberikan waktu satu pekan untuk selesaikan masalah asap. Tetapi dalam waktu lima hari bencana asap d i Riau bisa d iatasi. Sayangnya, pelajaran tahun lalu tidak d iterapkan tahun ini sehingga bencana serupa kembali terjadi. "Saya lihat, terus terang, kita tidak efektif benar dalam menangani semua ini sehingga membesar dan dalam skala sekarang ini," katanya. Ia mengatakan bencana asap yang terus menerus terjadi tak lain disebabkan oleh kesalahan

sendiri. Sebagian masyarakat di Riau melakukan pembakaran di lahan-lahan yang ada. Belum lagi cuaca ekstrim yang ikut membuat api mudah menjalar. SBY pun mengatakan akan mengeluarkan instruksi untuk dilaksanakan oleh semua pihak setelah mendengarkan laporan. "Operasi tanggap darurat akan lakukan bersama setelah mendengar langsung laporan situasi terkini. Dari situ saya putuskan," katanya. SBY menggelar teleconference dari Polda Jawa Tengah. Teleconference tersebut menghubungkan dua tempat lainnya yakni Wapres Boed iono d i Mabes Polri Jakarta dan Ketua BNPB Syamsul Maarif di Polda Riau. Dalam sambutannya, SBY mengabsen satu persatu pejabat yang hadir dalam teleconference tersebut. (rol/okz/ kcm/ns)

Tak Instruksikan... Sambungan dari halaman 1 "Silakan jamaah memilih partai ataupun presiden sesuai dengan prinsip dan hati nurani masingmasing, namun yang terpenting

Yang Penting... Sambungan dari halaman 1 "Tenang aja Gus, itu suatu risiko yang sudah saya perhitungkan,"jawabnya enteng. "Tetapi tindakan sampeyan itu sangat nekad, dan terlalu besar risikonya buat nama baik

Hadiah... Sambungan dari halaman 1 Seluruh pemenang akan diundang untuk hadir di kantor HARIAN BANGSA Jalan Karah Agung 45 Surabaya. Penyerahan bertepatan

PKB... Sambungan dari halaman 1 Dia menjelaskan secara historis, peran PKB sangat luar biasa terhadap negara, terutama dalam mewujud kan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). "Apa yang telah digariskan NU, termasuk berpolitik yang santun menjad i salah satu seruan NU yang diteruskan PKB. NU selalu menekankan pemberdayaan umat dan rakyat, dan PKB juga selalu menjalankan itu," tegasnya. Dia mengatakan, peran NU melalui penerimaan Pancasila dan NKRI untuk menyatukan

Beri Anak... Sambungan dari halaman 1 Nabi Muhammad SAW diam saja, karena mengerti bahwa turunnya ayat itu otorita Tuhan dan nabi hanya sebatas bisa memohon. Tuhan tidak melayani permintaan mereka karena tahu bahwa mereka hanya main-main, andai dikabulkan, mereka juga tidak akan beriman, sehingga sia-sia saja melayani mereka. Sebagai gantinya, Tuhan memberi pernyataan ulang untuk mementapkan hati nabi, "innama ant mundzir", bahwa kamu, wahai Muhammad adalah utusan Tuhan beneran yang tegas memberi peringatan kepada umat manusia. Ini pelajaran bagi siapa saja yang menjad i juru bicara Tuhan, termasuk guru, kiai, penceramah, pengabdi agama lainnya bahwa d i lapangan tidak semulus yang dibayangkan. Ada yang rewel, ada yang abai dan ada yang suka menuntut tapi belum tentu konsekuen. Khusus tuntutan, memang perlu diperhatikan, tapi juga perlu dipertimbangkan. Semisal anak kecil, sering kali menuntut hal besar, maka orang tua yang baik akan mempertimbangkan dan tidak

Partai Golkar... Sambungan dari halaman 1 Yakni Partai Nasdem, PKB, Gerindra, PKS, Demokrat, Golkar, PAN, Hanura, dan PKPI. "Kalau diklasifikasikan jumlah spot iklannya, terbanyak Partai Golkar sebanyak 487 spot iklan," kata Idy saat konferensi pers bersama Bawaslu, di gedung Bawaslu, Jakarta, Jumat (14/3). Artinya, dalam sepuluh hari


Redaksi HARIAN MADURA Pamekasan: Rizal, Mustopa Sampang: Ahmad Bahri, Junaidi Jufa Sumenep: Taufik Yuspison, Ida Okvinita, Faisal ER Bangkalan: Imam Hambali

SABTU, 15 MARET 2014

HALAMAN 12

Becaanna Oreng Madhure

Layanan Parkir Jelek, Kinerja Dishubkominfo Disoal Pamekasan-HARIAN MADURA Puluhan aktivis yang mengatasnamakan Aliansi Insan Muda Pamekasan (AIMP) melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat, Jumat (14/3). Mereka menyoal kinerja Dishubkominfo Pamekasan dalam memberikan pelayanan parkir yang dinilai jelek. Para pengunjukrasa datang ke gedung dewan sekitar pukul 10.00 WIB Mereka membentangkan poster yang berisi kritikan terhadap pelayanan parkir. Bahkan

sebagai ilustrasi buruknya pelayanan parkir, peserta membawa sepeda motor yang ditempelkan tiga lembar uang seribuan (Rp. 1000) beserta stiker parkir berlangganan. Korlap Aksi, Tosan mempertanyakan realisasi dari retribusi parkir tahun 2013 senilai Rp 2,15 miliar yang tak pernah dirasakan masyarakat. Belum lagi, menurutnya, adanya perubahan anggaran keuangan (PAK) 2012/2013 yang nominalnya Rp 200 juta pertahun yang seharusnya dialokasikan untuk perbaikan fasilitas

Aktivis AIMP saat melakukan aksi demonstrasi di depan kantor DPRD Pamekasan.

parkir tapi ternyata tidak sesuai harapan. "Jad i pertanyaan bagi kita d ikemanakan anggaran tersebut oleh pihak dishubkominfo," teriaknya. Tosan menyatakan, AIMP mendesak Dishubkominfo segera memperbaiki fasilitas parkir yang ada di Pamekasan lantaran merugikan masyarakat. Termasuk juga, katanya, segera menindak tegas oknum pegawai Dishubkominfo dan juru parkir yang melakukan pungutan liar. "Tindak tegas oknum dishub yang

terbukti bersalah, jangan hanya dibina dan dibina. Bila perlu dibinasakan," tegasnya. Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Pamekasan, Hosnan Ahmad i yang menemu pengunjukrasa membenarkan jika pendapatan retribusi parkir mencapai jumlah Rp 2,15 miliar. Namun, katanya, retribusi itu tetap dikembalikan ke kas daerah (Kasda). Sehingga, pihaknya akan mendesak Dishub agar sebisa mungkin memperbaiki fasilitas-fasilitas parkir. "Insya Allah tidak lama lagi, fasilitas parkir segera bisa dibangun, dan ini

memang menjadi tuntutan kami kepada pemerintah," terangnya. Sementara Kadishubkominfo Kabupaten Pamekasan, Moh. Zakir mengatakan, terkait anggaran Rp. 200 juta sudah direal isasikan dengan membangun fasil itas parkir di Pasar Kolpajung. Terkait anggaran 2014 dia berjanji akan membanguan fasilitas parkir di RSUD dr Slamet Martowirjo Pamekasan. "Kedepan juga akan mempaerbaiki fasil itas parkir di pasar 17 Agustus Pamekasan,"pungkasnya. (pmk-1/lan)

foto: mustopa/HARIAN MADURA

Penambang Sirtu Menggila Satpol PP Keluarkan Peringatan Aksi penolakan terhadap konser DJ Jimmy November lalu. foto : Dok. Mustopa

Penetapan Raperda Hiburan Molor Pamekasan-HARIAN MADURA Penetapan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang hiburan d ipastikan molor. Meski sudah direncanakan akan paripurna pada awal tahun 2014, namun Raperda yang akan menjadi payung hukum pagelaran hiburan dan seni budaya di kota Gerbang Salam dipastikan tidak dapat diterapkan dalam waktu dekat. Pasalnya, tahapan pembahasannya pun hingga saat ini masih belum rampung. Pembahasan raperda tersebut sebenarnya sudah dilakukan akhir tahun lalu melalui tahapan Rapat Umum Dengar Pendapat (RUPD). Namun, akibat ada beberapa poin yang tidak disepakati oleh beberapa kelompok masyarakat, pembahasan Raperda itu akan dilanjutkan kembali dengan RUDP tahap kedua. Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Pamekasan, Hosnan Ahmadi membenarkan keterlambatan penetapan raperda karena adanya permintaan kelompok masyarakat. Menurutnya, Raperda hiburan itu masuk dalam kategori politik, sehingga beberapa hal yang tidak terakomodir pada pembahasan sebelumnya harus dituntaskan. (pmk-1/lan)

KPU Sumenep Siapkan Logistik Pileg 2014 SUMENEP- Komisi Pemil ihan Umum (KPU) Sumenep melakukan tahapan pengesetan (menyiapkan) logistik pemilu legislatif (Pileg) 2014. Kegiatan tersebut berpusat di gudang KPU di Jl Asta Tinggi, Desa Kebonagung, Kecamatan Kota Sumenep. Komisioner KPU Sumenep, Moh Ilyas, menjelaskan, staf KPU bersama puluhan pekerja masih disibukkan dengan tahapan pengesetan logistik Pileg. “Seluruh logistik termasuk surat suara dimasukkan ke apmlop sesuai jumlah daftar pemilih tetap (DPT) dimasing-masing TPS,” kata Ilyas, Jum’at (14/3). Pengesetan logistik ini ditargetkan selesai tanggal 16 Maret. Sebab, setelah dilakukan pengesetan, KPU akan melakukan pengepakan dan penyegelan. “Tanggal 18-25 kami melakukan paking dan penyegelan terhadap logistik yang akan didistribusikan ke sejumlah TPS,” terangnya. Ilyas mengungkapkan, setelah pengesetan dan pengepakan dilakukan, KPU akan mendistribusikan logistik kesejumlah TPS diwilayah kepulauan. “Pada tanggal 26-30 Maret kami jadwalkan pend istribusian. Pend istribusian logistik kami prioritaskan untuk wilayah kepulauan,” ungkapnya. Sedangkan untuk kekurangan surat suara (SS) sebanyak 5.850 lembar, ditargetkan sebelum tanggal 20 Maret nanti, sudah diterima oleh KPU Sumenep. “Kami terus melakukan komunikasi intens dengan KPU RI agar kekurangan SS bagi DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan Kabupaten bisa secepatnya dipenuhi, maksimal tanggal 20 Maret mendatang,” pungkasnya. (nit/lan)

Sumenep-HARIAN MADURA Ulah penambang pasir dan batu (sirtu) di Kecamatan Batuan, Sumenep kian menjadijad i (menggila,red). Kond isi tersebut membuat pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sumenep geram. Untuk menertibkan para penambang, institusi penegak Peraturan Daerah (Perda) tersebut memberikan peringatan (war-

ning) dan mengancam akan menggelandang penambang sirtu tersebut jika masih tetap beroperasi. Kasatpol PP Sumenep, Abd Madjid menegaskan, tindakan penambang sirtu tidak bisa ditolelir lagi. Sebab, katanya, dengan adanya penambangan ilegal tersebut setiap terjadi hujan, kawasan Perumahan Batuan selalu dilanda banjir. “Tidak ada toleransi lagi.

Kami tidak akan segan-segan menggelandang penambang sirtu liar di Batuan kalau masih tetap beraktivitas. Merekalah yang membuat hutan gundul dan mengakibatkan banjir di Perumahan Batuan,” tegasnya. Menurut Madjid, lahan yang dijadikan lokasi tambang itu masuk kawasan hutan lindung. Namun karena masyarakat tidak memperhatikan, mereka dengan le-

luasa menambang pasir dan batu. “Untuk papan bertulis bahwa kawasan itu merupakan hutan lindung ada kok. Ya mereka mungkin tidak mau memperhatikan, main tambang aja,” terangnya. Dia menjelaskan, hutan yang menyebabkan terjadinya banjir tersebut sudah ada galian sedalam 5 meter kebawah, sedangkan lebarnya seperti sungai. “Makanya air mengalir mela-

Proyek Saluran Pipa PDAM Diduga Menyimpang Sumenep-HARIAN MADURA Pelaksanaan proyek saluran pipa PDAM tahun anggaran 2013 di Kabupaten Sumenep, diduga banyak terjadi penyelewengan. Pasalnya, proyek yang didanai APBN lebih dari Rp 2 miliar tersebut, hingga kini belum kelar. Kondisi di lapangan menyebutkan, pompa air untuk proyek tersebut belum terpasang. Selain itu, dalam pelaksanaanya proyek tersebut banyak kejanggalan. Seperti pemasangan pipa misalnya, ukuran pipa yang baru lebih kecil dibandingkan dengan pipa yang dipasang sebelumnya. Tak hanya itu, di lokasi proyek juga tidak ada papan proyek sebelum pengerjaan d imulai. Belum lagi, lebar dan kedalaman penggalian juga diduga tidak sesuai spek lantaran di bawah pipa tidak diberi pasir sebagai peno-

THL K-1 Gugat Men PAN dan BKN

Pengerjaan proyek pipa PDAM yang diduga banyak menyimpang. foto: lukman rama/HARIAN MADURA

pang agar tidak mudah pecah. Terkait dugaan korupsi tersebut, Ketua Kelompok Pedul i Sumenep Perjuangan (KPSP) sumenep, Mohamad Nurul Fajar mengatakan, pelaksanaan proyek tersebut sangat tidak layak. Pihaknya memrediksi, proyek pemasangan pipa PDAM hanya menelan biaya Rp 1 miliar.

lui itu, membawa material perbukitan hingga kawasan perumahan Puri Batu Kencana, Batuan,” ungkapnya. Sebelumnya, pada Minggu (9/3), sejumlah ruas jalan di Perumahan Batuan diterjang air bah, yang membawa material perbukitan. Akibatnya aspal jalan dikawasan Perumahan Puri Batu Kencana Batuan, mengelupas terbawa derasnya aliran air hujan. (nit/lan)

“Kalau hanya dikerjakan seperti itu, paling hanya menghabiskan dana Rp 1 mil iar, lalu kemana sisanya?” tutur Fajar. Pihaknya berharap, proyek tersebut segera diperbaiki sesuai dengan RAB. Pihaknya juga mengancam akan melaporkan kasus dugaan korupsi tersebut ke Kejaksaan Tinggi, Jawa Timur. (smp-1/lan)

Bangkalan-HARIAN MADURA Tenaga Harian Lepas (THL) Katagori 1 (K-1) Bangkalan melakukan gugatan ke Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (Men-PAN) dan Kepala Badan Kepegawain Nasional (BKN). Sebanyak 1354 THL K-1 yang mengatasnamakan Forum Honorer Katagori 1 melayangkan surat pada tanggal 10 Maret 2014 kepengadilan Tata Usaha Negara dengan nomor register 94/G/2014/PTUN.jkt. Dengan tergugat 1 Men-PAN dan Tergugat 11 BKN. Ketua Kordinator Forum Honorer K-1 Bangkalan Krisna Adiputra menerangankan, gugatan tersebut untuk membatalakan kelulusan THL K1 Bangkalan yang sebelumnya sudah dinyatakan memenuhi ketentuan (Lulus). "Sesuai edaran Men-PAN dan) nomor 3 tahun 2012 Maret yang dikeluarkan BKN dan lampiranya, maka diketahui THL K1 sebanyak 1354 dinyatakan memenuhi ketentuan," terangnya. Menurutnya, penerbitan obyek sengketa oleh tergugat I dan II tindakan bertentangangan dengan asas-asas pemerintahan yang baik. Khususnya asas kepastian hukum, asas alasan yang jelas, dan asas kecermatan. "Dengan prinsip pokok hukum administrasi juga bertentangan. Pusat mengeluarkan keputusan, masak ditarik kembali dan merugikan yang berkepentingan," pungkasnya. (mam/lan)

Bayar Ratusan Ribu, Sertifikat Tanah Tak Keluar Warga Merasa Ditipu Sampang-HARIAN MADURA Puluhan Warga Desa Tlambeh, Kecamatan Karang Penang geram lantaran sertifikat tanah miliknya tak juga keluar. Sementara untuk mengurus sertifikat tersebut, warga mengaku sudah mengeluarkan biaya hingga ratusan ribu rupiah. Lebih-lebih, pihak Kantor Pertahanan Kabupaten Sampang sudah melakukan pengukuran sejak tahun 2008. Lantaran kesal, wa rga mendatangi Kantor Pertanahan Sampang untuk meminta penjelasan terkait sertifikat tanah yang mereka miliki, Jum'at (14/3). Sebelumnya, pada 2008 pihak Pertahanan dan Kepala Desa

Warga Desa Tlambeh saat mendatangi Kantor Pertahanan Kabupaten Sampang. Mereka mempertanyakan sertifikat tanah yang dimiliki. foto: junaidi jufa/HARIAN MADURA

sudah melakukan pengukuran dengan biaya sebesar Rp 750 ribu dan pada tahun 2013, ada tambahan biaya sebesar Rp 300 ribu. Suherman Amin Syah salah satu warga mengatakan, penarikan biaya pengukuran sertifikat merupakan tindakan manipulatif yang dilakukan oleh aparatur desa. Menurutnya, untuk pengukuran tersebut seharusnya tanpa biaya, sedangkan yang sudah mendaftar, kata dia, sebanyak 500 bidang lahan tanah dengan membayar biaya Rp 1.050.000 per bidang dan sampai sekarang yang selesai sebanyak 194 bidang. "Kami sudah melaporkan ini kepihak kepolisian tahun 2013

kemarin setelah itu dari Rp 750 ribu meminta tambahan sebesar Rp 300 ribu rupiah" ujarnya Sementara Kepala Pertanahan Kabupaten Sampang, Wahyu Amrulloh menyatakan, masalah tersebut sudah dibicarakan di Polres Sampang pada tanggal 12 Februari 2014. Menurutnya, 500 bidang tanah yang diukur pada tahun 2008 itu untuk Iventarisasi Penguasaan Pemil ikan Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah (IP4T) atau hanya sebatas pengukuran dengan tanpa biaya. "Biaya itu buat penerbitan sertifikat dan tergantung pada luas bidang dan yang sudah sebanyak 194 bidang" ucapnya. (spg-1/lan)

Edisi SABTU 15 03 14