Issuu on Google+

Untuk Surabaya & Sekitarnya

24 JUMADIL AWAL 1435 H 26 MARET 2014

DZUHUR

ASHAR

MAGHRIB

ASYA’

04.14

11.45

14.54

17.54

19.05

Redaksi/Pemasaran/Iklan: Gedung Jawa Pos Lt 3 Jl. Karah Agung 45 Surabaya Telepon: (031) 8271624, 8270967, 8270961, 8271667, Fax: 031 8270967

1 MARET 2000 - 1 MARET 2014

RABU

SUBUH

Koran Warga NU

Demo Usir Jokowi, Warga Siapkan Tiket ke Solo

Dari Abu Hurairah r.a. berkata: Rasulullah saw bersabda, “Bukanlah orang miskin itu yang berkeliling meminta-minta kepada orang banyak sehingga tertolak dari satu dua suap makanan atau satu dua biji kurma, tetapi orang miskin yang sesungguhnya dan yang dikehendaki oleh Islam untuk dibantu ialah orang yang tidak mempunyai penghasilan yang mencukupi dan yang tidak diingat orang untuk disedekahi serta tidak suka pergi meminta-minta kepada orang lain.”

PDIP Anggap Remeh

(Bukhari - Muslim)

Jakarta-HARIAN BANGSA Entah diorganisasi atau tidak, massa pendemo Gubernur DKI, Joko Widodo terus terjadi dalam masa kampanye ini. Kemarin giliran massa yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Jakarta Baru (KM-JB) membawa tiket raksasa atas nama Joko Widodo di depan Balai Kota Jakarta. Tiket raksasa tersebut terlihat dari spanduk yang bertuliskan tiket kereta api Matarmaja kelas ekonomi gerbong 5 dan nomor tempat duduk 7A untuk keberangkatan hari ini Selasa, 25 Maret 2014 pukul 13.40 WIB. Harga tiket yang tertera dibeli dengan harga Rp130.000. Jika Jokowi menaiki kereta tersebut, diperkirakan akan tiba di Solo pukul 00.06 dini hari.

Pengasuh: KHA Musta’in Syafi’i, MAg

Terjemah al-Ra’d: 11

Saat Kecelakaan, Kemana Malaikat Penjaga? KETIKA sekolah di Aliyah dulu dan masuk materi pelajaran ayat ini, seorang teman bertanya: “Kalau sudah ada malaikat hafadhah (penjaga), kenapa masih ada orang yang kecelakaan, kemana mereka?”. Dengan entengnya pak guru menjawab: “Kamu kira malakat hafadhah itu satpam?”. Geerr, sekelas pada tertawa. Lalu beliau menjelaskan bahwa malaikat tersebut bertugas mengamankan manusia dari gangguan syetan atau jin yang nakal dan suka usil. Hal demikian mengingat manusia itu sangat lemah dan suka lalai kepada Allah yang maha kuasa. Andai tak dijaga malaikat, maka dengan mudahnya jin-jin itu usil dan mengganggu sehingga banyak sekali, sering kali seseorang kesurupan dan terganggu sehingga tidak bisa menjalankan aktivitas secara normal, termasuk beribadah.  Bersambung ke Hal. 11

Jadi Presiden, Janji Hukum Mati Koruptor PRESIDEN yang akan terpilih pada lima tahun mendatang, memiliki tugas yang berat. Salah satu tantangannya adalah mengembalikan kondisi bangsa yang saat ini kacau balau. Jika terpilih sebagai calon presiden dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Mahfud MD pun berjanji mengembalikan kondisi bangsa ke kondisi terbaik. Bahkan dia akan memberantas korupsi, Mahfud MD dengan cara memberikan ancaman hukuman mati kepada koruptor. “Masalah kolusi dan korupsi harus diberantas, dan negara ini harus ditata,” jelas Mahfud pada kampanye rapat akbar PKB di Lapangan Pengasih, Selasa (24/3/2014).

 Bersambung ke Hal. 11

Genosida Timbulkan Balas Dendam PENGURUS Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menganggap vonis mati yang dijatuhkan pengadilan Mesir kepada 529 aktivis Al-Ikhwanul Muslimin di Mesir jelas merupakan ‘genosida’ yang bertentangan dengan Hak Asasi Manusia (HAM). Solusi yang sangat tidak layak ini, pada gilirannya, akan memicu ‘global conflict’ lebih serius, yang ti- Maksum Machfoedz dak hanya disebabkan kemarahan kolektif jamaah yang sama, namun juga memicu keprihatinan kolektif masyarakat lainnya atas nama kemanusiaan dan HAM.

HARGA ECERAN Rp. 3.500,-

Koalisi Masyarakat Jakarta Baru kemarin demo di depan Balai Kota Jakarta. Demo anti Jokowi setelah nyapres ini sudah berkali-kali terjadi.

Bersambung ke Hal. 11

Ahmad Fathanah Ikhlas Istri Buka Jilbab

Suap LHI Pengaruhi PKS Jakarta-HARIAN BANGSA Jaksa Penuntut Umum (JPU) mencecar Ahmad Fathanah soal adanya kuota 10 ribu ton di Kementerian Pertanian yang diungkapkan Denny Adiningrat, suami Elda Devianne, mantan Ketua Asosiasi Perbenihan Indonesia. Jaksa menanyakan apakah benar Fathanah akan menyampaikan kabar dari Denny itu kepada Luthfi Hasan Ishaaq. Fathanah tidak membantah. ”Itu supaya saya terlihat berpengaruh di mata Luthfi, apa yang saya lakukan bahwa Luthfi lakukan juga,” kata Fathanah dengan suara sedikit keras di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta Selatan, Selasa (25/3). Rupanya, jawaban itu mengusik Ketua Majelis Hakim, Purwono Edi Santoso. Hakim Purwono mengingatkan Fathanah agar lebih tenang dalam bersaksi. ”Saudara santai, jangan terlalu emosi,” kata Hakim Purwono kepada Fathanah.

Fatanah tertawa dan menjawab teguran Hakim dengan nada bercanda. ”Maaf saya 14 tahun yang mulia, wajar tensi saya naik,” tegas Fathanah. Akibat jawaban Fathanah itu, pengunjung sidang tertawa. Jaksa bahkan sempat tersenyum mendapat jawaban Fathanah. Fathanah menilai kasus suap kuota daging sapi di Kementerian Pertanian menjadi ganjalan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada Pemilu 2014. Sebagaimana diketahui, kasus Fathanah itu juga menyeret mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq. “Agak berat PKS ini dengan kasus kita ini,” kata Fathanah di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Selasa 25 Maret 2014. Apalagi, kata dia, sidang kasus ini kembali bergulir di masa kampanye, yakni dengan terdakwa Maria Elizabeth Liman, Direktur Utama Indoguna Utama.

Ahmad Fathanah dalam kesaksiannya di persidangan kemarin.

Dari Delapan Hakim yang Disanksi MKH

Bersambung ke Hal. 11

Shandy Aulia

4 Hakim Jatim Doyan Selingkuh

Ketagihan Main Film Horor

Surabaya–HARIAN BANGSA Empat hakim di Jawa Timur disanksi pecat oleh Majelis Kehormatan Hakim (MKH) karena terbukti selingkuh. Sanksi juga dijatuhkan kepada empat hakim lain di luar Jatim yang dinyatakan terbukti menerima sesuatu dari pihak beperkara. Hal itu disampaikan Komisioner Komisi Yudisial (KY) Bidang Pengembangan SDM dan Litbang Jaja Ahmad Jayus, di sela-sela acara Studium General ’Peran KY dalam Menciptakan Peradilan yang Bersih dan Bermartabat’ di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Selasa (25/3). ”Juga masih ada dua hakim yang sedang diproses KY karena selingkuh,” ujarnya. Jaja menjelaskan, delapan hakim itu dijatuhi sanksi pada sidang MKH JanuariFebruari lalu. Dalam putusan, tujuh hakim diberhentikan secara tidak terhormat.

SHANDY Aulia kembali berperan dalam film terbarunya berjudul “Mall Klender”. Film ini menambah deretan genre horor yang diperankan wanita kelahiran Jakarta 23 Juni 1987 silam ini. Sebelumnya, Shandy sukses bermain di film “Rumah Kentang” (2012) dan “308” (2013). Apakah Shandy ketagihan main film horor? “Yang terpenting buat saya adalah penonton bisa terhibur.

Bersambung ke Hal. 11

Bersambung ke Hal. 11

Komisioner KY Jaja Ahmad Jayus (tengah) di acara studium general tentang KY di UINSA Surabaya kemarin. Foto: Nur Faishal/HARIAN BANGSA

 Bersambung ke Hal. 11

Daus Mini Ceraikan Sang Istri

Demi Anak, Tetap Tinggal Serumah

Cara Membaca Orang Arab DI pasar Tanah Abang ada seorang penjual “sarung” dari Jazirah Arab. Untuk menarik perhatian pembeli, dia berkata; sarung murah, awet, tahan lama, dijamin sepuluh tahun warna tidak luntur. Kalau tidak terbukti boleh dibalikin. Karena tertarik, seorang pembeli datang untuk menawar, setelah terjadi kesepakatan harga, ahirnya sarung itu pun jadi dibelinya. Setelah dibawa pulang? dan dipakai beberapa hari, kemudian sarung itu dicuci, eh...ternyata sarungnya luntur dan warnannya berubah.

Meski telah ditalak cerai pada bulan Februari lalu, hubungan Yunita dan sang suami Daus Mini tetap terjalin. Mereka sepakat berpisah secara baik-baik. Mereka pun hingga kini tetap tinggal serumah.

Bersambung ke Hal.11

Daus Mini, Yunita dan Ical, sang anak.

KOMEDIAN Daus Mini dan istri sepakat bercerai baik-baik. Apalagi, Ivander Haykal Firdaus (Ical) yang masih berusia dua tahun belum mengetahui kedua orangtuanya sedang mengalami prahara rumah tangga. Daus dan Yunita pun masih tinggal serumah, dan menjalin komunikasi dengan baik.

Bersambung ke Hal. 11


HARIAN BANGSA RABU, 26 MARET 2014

Kuat, Landasan Spiritual KORPRI

Kejari Tanjung Perak Rahasiakan Satu Tersangka BBM Ilegal SURABAYA - Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjung Perak, hingga Selasa (25/3) merahasiakan seorang dari dua orang tersangka perkara BBM Ilegal berlabel perusahaan SEE Oil. Ratno, warga Sawahpulo, satu di antara dua tersangka itu, dengan barang bukti dua truk tangki berlabel perusahaan SEE Oil, saat ini sudah ditetapkan sebagai terdakwa. Saat ini perkaranya sudah ditangani Eko Nugroho selaku jaksa penuntut umum (JPU), dan persidangan dilakukan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Sedangkan satu tersangka lainnya, yang ditangkap dengan barang bukti berupa dua truk tangki berlabel perusahaan SEE Oil, hingga Selasa (25/3) ini identitasnya masih dirahasiakan. Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Kejari Tanjung Perak Suseno saat dikonfirmasi wartawan menyampaikan bahwa berkas kedua tersangka dalam perkara BBM ilegal berlabel SEE Oil ini, d ipisah. Tapi Suseno menolak menjawab saat ditanyakan siapa satu tersangka lainnya serta identitas jaksa yang akan menyidangkan perkara tersebut. “Kalau berkasnya memang d ipisah,” kata Suseno. (ssn/ros)

Upaya Dinkes Jatim Tekan TB SURABAYA - Sebanyak 460 ribu kasus Tuberkolosis (TB) di Indonesia, dan sebanyak 67 ribu penderita di antaranya meninggal. Padahal ini jadi salahsatu indikator keberhasilan MDG’s yang harus dicapai Indonesia. Jatim sendiri menduduki peringkat kedua setelah Jabar. Kepala Dinkes Jatim Dr Harsono mengatakan, Indonesia saat ini berada di peringkat ke empat dalam penyumbang kasus TB. "Adapun di Jatim, jumlah pasien terbanyak adalah Surabaya sebanyak 4.336 jiwa, Jember sebanyak 3.104 jiwa dan Banyuwangi sebanyak 1.689 jiwa. Pasien TB yang meninggal sebanyak 1.308 jiwa," kata Harsono, di sela-sela peringatan Hari TB sedunia, di kantornya, kemarin (25/3). "Penderita TB anak-anak sebanyak 2.342 jiwa," tambahnya. Saat ini, Hari TB sedunia mengambil tema "Temukan dan sembuhkan pasien TB". Diharapkan dapat memberi akses universal dalam meningkatkan pelayanan TB bagi masyarakat dengan melibatkan semua penyedia layanan kesehatan dengan menerapkan strategi DOTS atau Directly Observed Treatment Shortcourse yang berkual itas. (ningsih/ros)

Kepala Dinas Kesehatan dr Harsono saat jumpa pers (kanan). Foto:ningsih

Bocoran Jawaban UN Beredar

"Gak Usah Direken!" SURABAYA - Seperti tahun-tahun sebelumnya, menjelang pelaksanaan ujian nasional (UN) 2014 kali ini juga dipastikan selalu beredar kabar bohong tentang bocoran jawaban soalsoal ujian nasional, kata Guru, kabar tersebut Gak usah direken!!!. "Saya sudah sampaikan kepada anak-anak, khususnya yang akan mengikuti ujian nasional 14 April nanti, pasti akan muncul isu bocoran jawaban soal-soal ujian nasional. Saya bilang sama mereka: Gak usah direken!!!," tegas Muntiani, kepala SMAN 14 Surabaya. Lebih baik, lanjut Muntiani mempersiapkan diri dengan belajar dan terus belajar menjelang pelaksanaan ujian nasional nanti. "Lebih baik belajar saja. Terus belajar. Tidak perlu menghiraukan kabar-kabar yang tidak bertanggungjawab itu," tukas Muntiani lagi. Justru jika anak-anak terpancing untuk mengikuti atau justru malah mencari bocoran jawaban soal-soal ujian nasional malah akan menghabiskan waktu dan mengganggu konsentrasi mereka. "Pokoknya gak usah direken. Kalau ditanggapi justru akan mempengaruhi konsentrasi dan malah buang waktu sia-sia. Anak-anak sudah kami ingatkan tentang kemungkinan-kemungkinan itu. Jangan percaya tentang bocoran jawaban ujian," ujar Muntiani. Senada dengan itu, Johanes Mardijono kepala SMAN 1 Surabaya, juga menegaskan kepada seluruh anak didiknya yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN) 2014 untuk tidak perlu mencari-cari bocoran jawaban ujian nasional. "Dari tahun ke tahun memang selalu muncul isu itu. Kami sudah sampaikan kepada anak-anak untuk tidak percaya, apalagi mencoba mencari-cari bocoran jawaban ujian nasional. Sebaiknya tidak perlu dihiraukan," kata Johanes Mardijono. Justru mendekati pelaksanaan UN 2014 nanti, sebaiknya anak-anak meningkatkan jam belajar menghadapi soal-soal ujian nasional. "Tidak usah menghiraukan hal-hal seperti itu. Merugikan dan tidak penting," tambah Johanes. Isa Anshori ketua Dewan Pendidikan membanrkan bahwa setiap tahun isu tentang bocoran jawaban soal ujian nasional selalu muncul. "Justru jadi mengherankan ketika masih saja ada siswa yang percaya bahwa kabar itu benar. Padahal dari tahun ketahun tidak terbukti ada," ujar Isa Anshori. Oleh karena itu, Isa mengingatkan sebaiknya para siswa peserta Ujian Nasional 2014 tidak perlu menggubris kabar tentang bocoran jawaban soal tersebut. "Justru persiapkan diri untuk mengerjakan soal-soal ujian nasional itu," tutup Isa Anshori.(ssn/ros)

Pemimpin Umum: M Mas’ud Adnan Pemimpin Redaksi: Abdurrahman Ubaidah Redaktur Pelaksana: Nur Syaifudin Redaktur: Nur Syaifudin, Rosihan Choirul Anwar, Nur Faishal, Musta’in

2

Surabaya-HARIAN BANGSA Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) membuka Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Korpri yang kali pertama diadakan Pemprov Jatim, di Asrama Haji Sukolilo, kemarin (25/3). Gus ipul berharap, MTQ ini nantinya bisa memperoleh kafilah MTQ terbaik dalam rangka persiapan keikutsertaan pada MTQ KORPRI Nasional pada bulan Agustus 2014 di Aceh. Selain itu, diharap para anggota Korpri bisa meningkatkan rasa solidaritas dan kesetiakawanan. "Dengan solidaritas yang kuat maka cita-cita gubernur dan wakil gubernur menuju provinsi nomor 1 di Indonesia akan mudah terwujud. Sebenarnya semua peserta yang sudah mengikuti perlombaan tersebut sudah menjadi juara, karena telah menyempatkan waktunya,” ujar Gus Ipul. Ia menyatakan, keikutsertaan anggota KORPRI pada MTQ khusus se Jatim ini, menunjukkan bahwa semua anggota KORPRI di lingkup Pemprov Jatim mempunyai landasan spiritual yang

Wakil Gubernur Syaifullah Yusuf menabuh bedug tanda perlombaan MTQ KORPRI dibuka. Foto:nisa/ HARIAN BANGSA

kuat. “Penguatan spiritual sangat diperlukan karena para anggota korpri mempunyai tanggung jawab yang berat, yakni sebagai abdi negara, abdi pemerintah dan

abdi masyarakat,” terangnya. Gus Ipul yang juga wakil penasehat Dewan Pengurus (DP) Korpri menjelaskan, pengabdian kepada negara, pemerintah

dan masyarakat harus bisa dirumuskan dengan tepat dalam kehidupan sehari-hari. Korpri harus pandai menempatkan diri dalam menjalankan tugas

kapan menjadi abdi negara, kapan menjadi abdi pemerintah,dan kapan menjadi abdi masyarakat. Saat menjadi abdi pemerintah misalnya, harus bisa mengingatkan atasannya jika terjadi kesalahan sehingga bisa diluruskan kembali. Ia menambahkan, melalui MTQ semua anggota KORPRI diingatkan bahwa kesuksesan dan keberhasilan hanya bersifat sementara. Sebab, sesuai banyak literatur kesuskesan, kepandaian, dan penampilan yang luar biasa tidak akan ada gunanya jika tidak mempunyai kebahagiaan spiritual. ”Lomba ini hanya teknis dan bungkus saja, tapi inti dari kegiatan MTQ ini adalah penguatan spiritual,” ujarnya. MTQ korpri tingkat Jatim ini diselenggarakan mulai 24-27 maret 2014 dengan 280 peserta perwakilan 33 kota-kabupaten se Jatim. Kabupaten Kediri tidak ikut. Perlombaan ini dibagi 5 cabang yaitu, khatt putra/putri, tilawah putra/putri, hifzh/tahfidz putra/putri, tartil putra/putri, dan syarhil putra/putri. (nis/ros)

Mantan ‘Bos’ KAI Disemprot Hakim Bersaksi dalam Perkara Pengeroyokan setelah Mangkir Surabaya – HARIAN BANGSA Maula Nurcholis, mantan Kepala Daops VIII PT Kereta Api Indonesia (KAI) Surabaya, akhirnya memenuhi panggilan jaksa untuk bersaksi di persidangan kasus dugaan pengeroyokan saat peristiwa eksekusi lahan milik PT KAI di Komplek Ruko Semut Surabaya beberapa waktu lalu. Sebelumnya, hakim meminta jaksa menjemput paksa Nurcholis karena mangkir dari lima panggilan bersaksi. Di hadapan majelis hakim yang diketuai Ekowati Hari Wahyuni, Nurcholis mengakui, selaku Kepala KAI Surabaya waktu itu, dirinya bertanggungjawab atas upaya pengosongan lahan milik KAI di Ruko Semut hingga

berujung pengeroyokan itu. Karenanya, dia berada di lokasi ketika pengosongan dilakukan. Kendati begitu, Nurcholis berkelit bahwa dirinya yang memerintahkan sehingga pengeroyokan oleh anak buahnya terjadi. “Saya melihat orang itu memukul-mukulkan kepala dan tangannya sendiri ke aspal,” ujar Nurcholis. Pernyataan itu disampaikannya meskipun hakim maupun jaksa belum menanyainya. Sontak, karena menjawab hal yang tidak ditanya hakim, hakim Ekowati lalu menimpali Nurcholis dengan nada sedikit meninggi. “Saya belum bertanya ke arah (peristiwa-red) sana. Saya hanya bertanya mengenai apakah saudara tahu atas masalah dua orang

yang kini menjadi terdakwa ini,” kata hakim Ekowati. Hakim juga sempat ‘menyemprot’ Nucholis karena dinilai menjawab pertanyaan jaksa dan hakim dengan berpendapat, bukan fakta yang dialaminya saat peristiwa terjadi. “Anda bukan saksi ahli, jawablah sesuai apa yang Anda rasakan, Anda lihat dan Anda dengar sendiri, bukan dari apa yang Anda dengan dari orang lain,” kata hakim. Diberitakan sebelumnya, majelis hakim perkara ini pekan lalu meminta jaksa menjemput jaksa Nurcholis karena lima kali mangkir dari panggilan bersaksi. Pria yang kini bertugas di KAI Bandung itu dimintai keterangan terkait perkara yang membelit

Mantan Kepala Daops VIII KAI Surabaya Nurcholis (kanan) saat bersaksi di PN Surabaya kemarin. Foto: nur faishal/HARIAN BANGSA Irfan Aminudin dan Achmad nyewa di kompleks Ruko Semut Syawaludin Prajahilal Karim, Pol- Surabaya. Pengeroyokan terjadi suska yang didakwa mengero- saat PT KAI hendak mengosongyok tiga orang dari PT Sumber kan lahan di ruko itu beberapa Sejahtera Lestari Lombok, pe- bulan lalu. (sal/ros)

Dewan Minta DCKTR Tak Tinggalkan Pekerjaan Surabaya-HARIAN BANGSA Sejumlah anggota Komisi C (pembangunan) DPRD Surabaya, meminta Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) serius mengerjakan seluruh proyek yang telah ditetapkan. Mereka berharap, sebelum berakhirnya masa jabatan anggota dewan, seluruh paket proyak yang telah dilelang bisa diselesaikan tepat waktu. Ketua Komisi C Sachiroel Alim Anwar menyatakan, dari pengala\man selama ini DCKTR kerap meninggalkan banyak pekerjaan rumah (PR) dalam setiap proyek yang dikerjakan. Baik itu berupa proyek pembangunan sekolah maupun lainnya. “Sudah menjadi lagu lama

setiap akhir tahun banyak proyek yang terbengkalai di Dinas Cipta karya. Makanya, untuk tahun ini kita mengharapkan yang beda,” pinta Alim, Selasa (25/3). Menurut Al im, banyaknya proyek yang tidak tepat waktu selama ini kerap menjadi perbincangan hangat di komisinya. Misalnya untuk posisi kepala bidang (kabid) yang hanya dijabat oleh segelintir orang saja. Makanya, dalam beberapa kesempatan pihaknya sempat mengusulkan ada penambahan SDM terutama untuk Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang membawahi anggaran Rp 500 miliar lebih. Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan Sisa Lebih Penggu-

naan Anggaran (Silpa) yang terlalu banyak di akhir tahun. “Saya khawatir, jika SDM yang ada tidak ditambah akan berpengaruh pada pembangunan kita,” terangnya. Anggota Komisi C lainnya Agus Sudarsono juga menyaranan adanya penambahan SDM di beberapa SKPD yang membawahi mesalah pembangunan seperti DCKTR dan Dinas PU Bina Marga. Kabid Permukiman Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Surabaya, Lilik Arijanto menyatakan, masukan yang disampaikan anggota dewan telah diterima oleh pemerintah kota. Itu dibuktikan dengan adanya penambahan SDM di beberapa

posisi. Sehingga untuk pengerjaan proyek tidak hanya terfokus pada satu Kabid. “Untuk beban pekerjaan, sekarang sudah ringan. Sebab masukan dari dewan soal penambahan SDM telah ditanggapi oleh pemerintah kota,” kata Lilik. Sementara untuk jumlah paket pekerjaan, Lilik menyatakan untuk tahun ada sekitar 207 paket pekerjaan di DCKTR. Tercatat tinggal 15 proyek yang belum selesai dilelang. Rencananya proses lelang akan dilakukan dua pekan lagi.Kecuali untuk beberapa proyek yang masih ada proses di pengadilan. Untuk SMPN Gunung Anyar Baru, pembangunan terpaksa belum bisa dimulai lantaran

ada salah satu warga yang mengklaim tanah yang akan didirikan bangunan lewat pengadilan tata usaha negara (PTUN). Padahal, di kecamatan tersebut saat ini belum ada sekolah SMP sama sekali. “Informasi terakhir pemkot menang di PTUN. Tapi sekarang masih proses di kasasi,” terang Lilik. Sedangkan untuk proyek lainnya seperti pembangunan lima Puskesmas dan lima instalasi pembuangan air limbah (IPAL) sudah selesai dilelang. “untuk puskesma suda tiga yang diumumkan pemenangnya. Sementara untuk IPAL masih dilakukan penyesuaian dengan dinas terkait,” pungkasnya.(lan/ros)

Sebulan, Dewan Kantongi Rp 38 Juta Surabaya-HARIAN BANGSA Tak heran jika kursi legislatif menjadi incaran para politisi, baik pol itisi dadakan maupun politisi yang dibentuk melalui kaderisasi partai politik (parpol). Terlebih, pada Pemilu 2014, hampir semua caleg mengajukan 'penawaran menarik' kepada masyarakat untuk dipilih. Faktanya, hampir sebagian besar anggota legislatif, terutama di DPRD Surabaya justru menjadikan profesi anggota dewan sebagai pekerjaan. Bukan lagi sebagai bentuk pengabdian. Maklum saja, dalam sebulan mereka bisa mengantongi uang hingga Rp 38 juta plus nglencer sana nglencer sini. Jumlah tersebut dinilai Direktur Parliamen Watch Jatim, Umar Salahudin tidak sebanding dengan kinerja para wakil rakyat. "Sangat disayang-

kan, sebagai wakil rakyat tidak mampu melakukan tiga fungsinya, apalagi peran legislasi DPRD Surabaya kinerjannya sangat diragukan karena mandulnya para anggota dewan yang tidak mampu membuat perda inisiatif. Kebanyakan inisiatif dari eksekutif, hal ini menunjukan banyak wakil rakyat men-jadi angka ikut saja,"

Staf Redaksi: Sofyan Hadi, Rochmatun Nisa, Maulana, Rusmiyanto, M. Didi Rosadi, M Hayan Dewan Redaksi: H Abdul Wahid Asa, M Mas’ud Adnan, Abdurrahman Ubaidah Koordinator Liputan: Rosihan Choirul Anwar Sidoarjo: Daryanto Mojokerto: Ahmad Gunadi, Rochmad Saiful Aris, Yudi Eko Purnomo Jombang: Adi Susanto Gresik: M Syuhud Almanfaluty, M. Shofi’i Lamongan: Haris Sugianto, Azharil Farih Tuban : Suwandi Bojonegoro: Nur Hadi Sampang: Ahmad Bahri Pamekasan: Rizal Pasuruan: Bambang Darma Widjatmoko, Sulistyawan Bondowoso: Sugiyanto Situbondo: Hadi Prayitno Jember: Yudhi Indrawan Probolinggo: Andi Sirajuddin Lumajang: Imron Ghozali Blitar: Try Susanto Kediri: Arif Kurniawan Nganjuk: Bambang DJ Madiun: S Setyawan Dhani Magetan: Nanang Ari Purnomo Tulungagung: Agus Dwi Cahyono Iklan: Yuni, Kemal Rizal, Doni Sujito Pemasaran/Sirkulasi: Kemal Rizal, Nur Ali Pracetak: M Dikman (Kepala), Althof, Haksni, Aulia Rachman, Robby Yanto.

kata Umar Salahudin. Belum lagi, katanya, kinerja mengenai anggaran yang kebanyakan diperuntungkan untuk pembangunan kota, sedangkan anggaran kesejahteraan rakyat sangat minim. "Dalam menggodok anggaran banyak wakil rakyat karena kemampuannya terbatas, mereka

tidak dapat memperjuangkan anggaran yang bersentuhan untuk rakyat, namum beda lagi jika terkait dengan anggaran reses atau kunker cukup besar," ujarnya. Dia menuturkan, saat ini banyak caleg incumbent yang menggunakan anggaran reses nilainya hampir Rp. 500 juta untuk kampanye. "Padahal itu uang rakyat dan ini tidak diperbolehkan, dana reses digunakan untuk kampanye saat menjelang pemilu," katanya. Seperti diketahui, anggota DPRD Surabaya praktis hanya dua hari dalam seminggu terlihat di kantor. Rutinitas yang terjadi, para anggota dewan masuk Senin dan Jumat. Sementara Selasa, Rabu, dan Kamis mereka melakukan kunjungan kerja. Kondisi tersebut kian parah saat musim kampanye pencalegan. Parliament Wacth menilai, hal

tersebut tidak sebanding dengan bayaran yang mereka raup dari uang pajak rakyat. Dari perhitungan kasar bisa disebut, gaji pokok untuk anggota dewan Rp 5 juta ditambah tunjangan biaya operasional (BOP) Rp. 6 juta, serta tunjangan rumah sekitar Rp. 11 juta dibayar tiap bulan. Apabila ditotal, setiap anggota dewan mendapatkan Rp 22 juta. Jumlah ini belum ditambah penghasilan mereka dari hasil kunjungan kerja (kunker) yang rutin dilakukan setiap minggu. Untuk sekali kunker, rata-rata anggota dewan membawa pulang Rp 4 juta. Jika dalam sebulan mereka melakukan kunker empat kali berarti mengantongi Rp 16 juta. Apabila ditotal para anggota dewan bisa mengantongi uang Rp 38 juta perbulan. Sebuah pekerjaan yang cukup menggiurkan. (lan/ros)

Komisaris: Ali Maschan Moesa, Masyhudi Muhtar, H Muid Direktur Utama: Juniarno D Purwanto Direktur: M Mas’ud Adnan, H Abdul Wahid Asa. Pemimpin Perusahaan: M Dikman Alamat Redaksi/Pemasaran/Iklan: Gedung Jawa Pos lantai 3 Jl Karah Agung 45 Surabaya, Telp: (031) 8271624, 8270961, 8271667, Fax: 031 8270967, Website: www.bangsaonline.com Email:bangsa2000@yahoo.com, harianbangsa@gmail.com Tarif Iklan: Display colour Rp. 45.000/mmk, Display BW: Rp. 25.000/mmk, Iklan spot 2 warna: Rp. 35.000/mmk, Sosial/Duka Cita: Rp. 10.000/mmk, Iklan Baris Rp. 10.000/baris Harga Langganan: Rp. 80.000/bulan, Harga Eceran (Pulau Jawa): Rp. 3.500/eks. Luar Jawa: plus ongkos kirim. Perwakilan Jakarta: Jl. Kebayoran Lama 12 Jakarta Selatan. Percetakan: PT Temprina Jawa Pos . No. Rekening: BRI 041201000321308 a/n PT DUTA BANGSA INTERMEDIA PERS.


3

HARIAN BANGSA

RABU, 26 MARET 2014

Politik Uang Jelang Pemilu

Memberi dan Menerima Hukumnya Haram SBY

Klaim Tak Jual Aset BREBES-Ketua Umum Partai Demokrat SBY tampil sebagai juru kampanye Stadion Karang Birahi, Brebes, Jawa Tengah pada kampanye terbuka Partai Demokrat, hari Selasa (25/3). Ditemani Ibu Ani dan anaknya Edhie Baskoro, SBY menyatakan selama pemerintahannya 10 tahun terakhir berhasil memberantas korupsi. Saat SBY tampil sekitar pukul 14.20 WIB, hujan deras mengguyur arena kampanye. Namun SBY tetap berorasi di hadapan ribuan simpatisan Partai Demokrat. "Demokrat bukan partai paling korup! Itu tuduhan salah. Demokrat justru berjuang memberantas korupsi, d imulai dari internal partai itu sendiri. Tidak ada pilih kasih," tegas SBY yang memakai baret biru. SBY mengklaim selama memimpin tidak pernah membuat kebijakan yang merugikan rakyat. "Kita tidak pernah menjual aset negara. Kita tidak pernah bikin perjanjian migas yang merugikan negara. Kita tidak pernah menjual kapal tanker yang merugikan negara. Bahkan kita melunasi hutang IMF sebesar Rp 60 triliun lebih. Kita menghentikan embargo militer yang merugikan Indonesia. Kita mengakhiri konflik dengan Aceh. Kita menyelesaikan pertikaian dengan Timor Leste. Semuanya jelas, menguntungkan negara." SBY juga membanggakan pemerintahnya telah sukses membangun Jawa Tengah dan Brebes. Tahun depan, Brebes akan memiliki waduk untuk pengembangan lahan bawang seluas 2.000 hektare. Ini bersamaan dengan pengembangan waduk seluas 1.000 hektar di Kuningan, Jawa Barat. Waduk ini akan mendukung pengairan Brebes hingga mampu menjadi pusat pengembangan bawang nasional. Selain itu, program-program pro-rakyat seperti PNPM, Kredit Usaha Kecil juga menunjukkan bagaimana Demokrat telah memberikan bukti, bukan hanya janji. SBY juga gencar mendorong semangat wirausaha dengan memanfaatkan potensi lokal wilayah Brebes dan sekitarnya. Kebijakan pro-rakyat seperti BPJS, PNPM, Program Keluarga Harapan dan program lain berhasil membawa perubahan nyata bagi warga Brebes dan sekitarnya. "Siapa yang ingin agar program-program pro-rakyat terus berjalan?" tanya SBY lantang. "Pilih Demokrat untuk melanjutkan program pro-rakyat dalam 5 tahun ke depan," pesan SBY. Selain melakukan orasi, SBY juga bernyanyi serta melakukan simulasi pencoblosan surat suara nomor 7, nomor Partai Demokrat dalam pemilihan umum 9 April 2014. Menutup kampanye yang terus diguyur hujan, SBY menendang 7 bola, sebagai perlambang keinginan untuk mendapat pemimpin yang bersih, Indonesia yang makmur dan pendidikan semakin maju. (lpc/fya)

Tak Mau Naik Kuda JAKARTA-Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Joko Widodo (Jokowi) mengatakan tidak tertarik untuk mengendarai kuda dalam kampanye. Dia mengaku sudah pernah melakukannya saat menjadi Gubernur DKI Jakarta. "Enggak ah. Kan udah pernah naik kuda waktu festival," jelas Jokowi saat makan siang di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (25/3). Maksud yang dimaksud Jokowi adalah festival kerajaan dunia. Dimana saat itu Jokowi dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengenakan baju kerajaan batavia dan menggunakan kereta kuda untuk melakukan parade. "Udah ah nggak usah naik kuda. Udah pernah," tutupnya. Sebelumnya, bakal calon presiden dari Partai Gerindra Prabowo Subianto menggunakan kuda dalam kampanye akbar di Istora Senayan. Dengan mengenakan kuda seharga 3 Mil iar, Prabowo menyambut seluruh pendukung partainya. (mrc/fya)

Blitar-HARIAN BANGSA Majel is Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Blitar menyerukan kepada masyarakat agar secara tegas menolak iming-iming uang untuk memilih Caleg atau Parpol tertentu dalam Pemilu Legislatif tanggal 9 April mendatang. MUI menegaskan bahwa menerima uang dalam bentuk politik uang adalah haram. Hal ini diungkapkan Sekretaris MUI Kabupaten Blitar Achmad Su’udi. Menurutnya, fatwa haram money politik yang dikeluarkan MUI menjelang pemilu 2014 tidak sebatas untuk Parpol ataupun Caleg peserta Pemilu. Namun juga d itujukan untuk masyarakat

secara umum dalam hal ini pemilih. Dari pandangan MUI, baik pemberi atau penerima uang yang tujuannya untuk kepetingan politik dalam rangka memenangkan Pemilu maka hukumnya sama-sama haram. ‘’Jadi bukan hanya Parpol atau Caleg yang haram mempraktekan politik uang ini. Namun masyarakat juga telah melanggar agama jika menerima uang pemberian untuk memilih Parpol atau Caleg tertentu,’’ terangya. Sehingga masyarakat wajib menolak pemberian uang dari Parpol ataupun Caleg jika berujung pada permintaan untuk memil ih atau memenangkan

Pemilu. Namun dalam prakteknya sangat sulit untuk membersihkan unsure politik uang ini. Fatwa ini hanya merupakan bagian dari usaha untuk menekan praktek-praktek kotor politik uang. Pihaknya meminta kepada para tokoh agama agar ikut menyampaikan mengenai hukum agama dalam praktek politik uang ini. Supaya masyarakat mengetahui bahwa agama melarang umatnya untuk melakukan kecurangan dalam mendapatkan jabatan.‘’Umat mestinya mentaati fatwa ini. Jangan sampai menggunakan uang untuk mendapatkan keinginan yang d icapai,’’ tegas Su’udi.(tri/fya)

ORASI. MG Hadi Sutjipto (pegang mikropon) kala berorasi dalam kampanye PKB, di lapangan desa Pangkemiri Kecamatan Tulangan, Selasa (25/3). foto : mustain/HARIAN BANGSA

Target Ulangi Sukses Pemilu 1999 Sidoarjo-HARIAN BANGSA Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sidoarjo mentargetkan bisa mengulangi kemenangan pada Pemilu 1999 silam. Kala Pemilu 1999-2004, PKB Sidoarjo berhasil meraup 16 kursi dari 45 kursi di DPRD Kabupaten Sidoarjo. Harapan itu disampaikan Mustasyar DPC PKB Sidoarjo, MG Hadi Sutjipto kala menjadi juru kampanye (jurkam) dalam kampanye rapat terbuka, di lapangan Desa Pangkemiri Kecamatan Tulangan, Selasa (25/3). Dalam orasinya, Had i Sutjipto mengajak massa kampanye untuk memilih PKB dalam Pemilu Legislatif

(Pileg) 2014. “Ayo kita menangkan PKB di Sidoarjo agar arah pembangu-nan di Sidoarjo berjalan dengan baik. Bupatinya dari PKB, Wakil Bupatinya juga dari PKB dan didukung wakil rakyat dari PKB,” teriak Pak Cip, panggilan karib MG Hadi Sutjipto. Dia mantargetkan PKB Sidoarjo minimal bisa meraup 16 kursi, mengulangi sukses Pemilu 1999-2004 itu. Menurut Pak Cip, salah satu wujud keberhasilan Kabupaten Sidoarjo dipimpin duet pemimpin dari PKB, yakni Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah dan Wabup Sidoarjo MG Hadi Sutjipto, adalah tercapainya pendidikan gratis

Camat di Sidoarjo Ajak Warga Pilih Golkar

Jokowi

suara mereka. Terkait fatwa haram money politik, MUI sudah seringkali menyampaikan kepada Parpol baik melalui forum sosialisasi maupun surat pemberitahuan. Namun hingga kini MUI masih menjumpai adanya Parpol atau Caleg yang membagikan uang untuk tujuan politik. Karena tidak bersifat mengikat secara hukum, maka fatwa bisa dilanggar. Sehingga MUI hanya bisa menyerahkan kepada Parpol untuk mengikuti atau tidak fatwa tersebut. Menurut Su’udi, banyak pihak yang merespon positif fatwa haram praktek politik uang dan transaksional dalam

Sidoarjo-HARIAN BANGSA Camat Jabon, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur tertangkap kamera saat mengajak warganya mencoblos Partai Golkar. Hal itu dilakukan sang camat saat membagikan bantuan pemerintah. Dia mengklaim bantuan bisa cair karena kerja keras Partai Golkar. Diceritakan Ketua Bawaslu Jawa Timur, Sufyanto, sampai saat ini pihaknya mendapatkan laporan ada

dua Camat yang mengajak warganya untuk mencoblos salah satu partai politik (Parpol) tertentu di Pemilu 2014. Dua Camat itu berasal dari Kabupaten Sidoarjo dan Lamongan. Di Sidoarjo, dari hasil rekaman video yang diterima pihaknya dari Panwaslu Kabupaten Sidoarjo, di daerah Kecamatan Jambon Tengah, seorang Camat setempat terlihat mengarahkan warganya agar memilih Partai Golkar pada pelak-

bagi sekolah negeri karena ada dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari daerah, yakni bersumber dari dana APBD. “Sedangkan untuk sekolah swasta, biaya pendidikan lebih murah,” cetus Pak Cip, yang juga Wabup Sidoarjo ini. Soal menjadi Jurkam PKB, Pak Cip menyatakan sudah mendapatkan ijin cuti dari Gubernur Jatim. Selama masa kampanye, dia mendapatkan ijin cuti selama tiga hari. Ijin cuti untuk menjadi jurkam PKB karena dirinya diberangkatkan PKB saat maju menjadi Wabup Sidoarjo berpasangan dengan Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah. “Pak Bupati juga

mendapatkan ijin cuti. Namun cuti bergantian. Kalau saya sedang cuti, maka pak Bupati tidak cuti,” tegasnya. Kampanye PKB ini dihadiri sejumlah caleg PKB, misalnya caleg PKB DPR RI Dapil Jatim I (Surabaya-Sidoarjo) nomor urut 4, Achmad Fathoni Rod li dan sejumlah caleg untuk DPR Propinsi dan DPRD Kabupaten. Saat kampanye berlangsung, Wakil Ketua DPC PKB Sidoarjo H Musowimin menegaskan panitia kampanye tidak pernah mengundang anak-anak. “Jangan dipolitisir soal adanya anak-anak. Kami tidak pernah mengundang anak-anak dalam kampanye,” tandasnya. (sta/fya)

sanaan Pemilu Legislatif mendatang. "Aksi mengarahkan dukungan kepada Parpol tertentu itu, dilakukan oleh Camat Jabon Tengah Kabupaten Sidoarjo, yang menyerahkan bantuan pemerintah ke sebuah kampung," terang Sufiyanto di kantornya, Selasa (25/3). Usai penyerahan bantuan itu, lanjut dia, Camat tersebut mengucapkan katakata yang berbuntut panjang. "Jangan lupa yah. Ini semua (bantuan) bisa terealisir berkat perjuangan Partai Golkar," ucap Sufiyanto menirukan kalimat Camat Jabon yang dikutip dari rekaman video yang baru saja didengarkannya. Selain rekaman video, Bawaslu juga menerima alat bukti lain yang dilapor-

kan Panwaslu Sidoarjo. Menurut Sufyanto, laporan dan alat bukti ini, akan diproses lebih lanjut. "Karena bukti awal sudah memenuhi unsur untuk dilakukan proses penyidikan, klarifikasi hingga merekomendasi pelanggaran tersebut untuk ditindaklanjuti KPU maupun aparat hukum yang berwenang," katanya. Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur, Zainuddin Amal i saat dikonfirmasi menyangkal kalau pihaknya yang memberi instruksi. Meski sudah ada bukti rekaman video, Gol kar membantah pihaknya telah menginstruksikan PNS tersebut untuk berpihak dan ikut aktif kampanye untuk partainya. (nis/fya)

UGM Menilai Soekarwo lebih Berpengalaman Dibanding Jokowi Yogyakarta-HARIAN BANGSA Sosok Gubernur Jatim Soekarwo (Pakde Karwo) dinilai lebih berpengalaman diband ingkan dengan calon pemimpin nasional seperti Gubernur DKI Jakarta Jokowi dan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto. Penilaian ini disampaikan Guru Besar Universitas Gajah Mada Yogjarata Prof Dr Gunawan Sumodiningrat kepada wartawan usai seminar ekonomi kerakyatan d i UGM, Yogyakarta kemarin (25/3). Penilaian Guru Besar Fakultas Ekonomi UGM tersebut diucapkan setelah mendengarkan paparan Gubernur Jatim Soekarwo yang tampil sebagai pembicara tunggal dalam kuliah umum

‘Menghidupkan Ekonomi Kerakyatan Succes Story Jawa Timur’ di Auditorium Magister Manajemen (MM) UGM Yogjakarta. "Pakde Karwo itu birokrat murni dari bawah yang sukses jadi kepala daerah di Jatim hingga dua periode. Pakde lebih berpengalaman dibanding Jokowi dan Prabowo dalam hal birokrasi. Kalau seandainya Jokowi itu bisa seperti Pakde, mungkin dia cepat jadi presiden," katanya. Menurutnya, Pakde Karwo layak d ipercaya menjad i pemimpin nasional. Selain kual itas, Pakde dianggap memiliki program ekonomi yang berpihak pada rakyat. "Tidak hanya teori saja, melainkan sudah praktik dan itu dimiliki Jawa

Timur," katanya. Program ekonomi kerakyatan yang dibuat Pakde Karwo sangat menguntungkan rakyat kecil dan miskin. "Program inilah yang lebih bagus dan menonjol d iband ing kepala daerah lain, termasuk Jokowi dan Prabowo Subianto yang menjadi Calon Presiden 2014," ujarnya. Soal layak tidaknya Pakde masuk bursa kepemimpinan nasional, Gunawan menilai tergantung dari yang memilih. Sekarang ini, tidak bisa menjad i pemimpin tanpa didukung atau mendapat kendaraan partai pol itik. "Kesul itannya ini pendukungnya selalu partai. Kita hanya bisa memilih lewat partai, belum," ungkapnya.

Keberhasilan seorang pemimpin, lanjutnya, tergantung timnya. Pemimpin tidak bisa bekerja sendiri, namun harus mengikuti sistem. "Dia send iri, d ibantu Wakil Presiden (Wapres) dan t im sukses yang benar. Bukan tim sukses yang ikut mencalonkan," katanya. Menanggapi penilaian itu, Gubernur Jatim Soekarwo mengakui bahwa itu penilaian Prof Gunawan. Namun, Soekarwo menegaskan bahwa kehadirannya di UGM karena di undang. "Sama sekali tidak tahu soal Penialaian itu, saya hanya diundang saja," ujarnya.(nis/fya)

Soekarwo (Pakde Karwo)


4

HARIAN BANGSA RABU, 26 MARET 2014

Hybrid, Mobil Masa Depan

PT SI Bagi Deviden Rp 2,42 T

JAKARTA-Teknologi yang mesti dikembangkan di masa depan adalah mobil hybrid. Mobil hybrid dinilainya sangat irit dengan ditemukannya teknologi yang mampu menempuh jarak 100 km dengan bensin 1 liter. "Di masa depan, akan terjadi pertarungan tiga jenis mobil. Mobil hybrid, mobil hidrogen, dan mobil gas," ucap Ketua Harian Komite Pemenangan Pemilu Nasional (KPPN) Partai Amanat Nasional, Putra Jaya Husin, Selasa (25/3). Putra menambahkan yang perlu dilakukan pemerintahan ke depan bukanlah membatasi konsumsi bahan bakar secara paksa atau mengurangi jarak tempuh perjalanan. Yang mesti dilakukan, kata dia, adalah menciptakan teknologi kendaraan yang irit bahan bakar. "Kalau rakyat kita menggunakan mobil hybrid, konsumsi BBM ditekan dan uang subsidi bisa dialihkan untuk membangun infrastuktur atau riset energi alternatif," tandasnya. (kcm/ros)

Gresik - HARIAN BANGSA Para pemegang saham PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) memutuskan persetujuan penggunaan laba bersih Perseroan Tahun Buku 2013 untuk dividen yang dibagikan sebesar 45% atau sebesar Rp2,42 triliun dari laba bersih sebesar Rp5,37 triliun. Nilai dividen tersebut setara dengan Rp407 per lembar saham.

“Dividen yang d ibagikan tahun ini, naik10,6% dibanding tahun lalu sebesar Rp368 per lembar saham. Pembagian dividen ini menjadi bukti nyata komitmen Perseroan untuk terus memberi manfaat yang optimal kepada pemegang saham,” kata Direktur Utama Semen Indonesia Dwi Soetjipto dalam rilisnya, kemarin. Selain itu, rapat juga menyetujui alokasi dana cadangan

sebesar Rp2,95 triliun untuk pengembangan usaha Perseroan. Sedangkan keputusan lain yakni menyetujui laporan tahunan mengenai keadaan dan jalannya Perseroan, dan pengesahan laporan Keuangan Perseroan Tahun Buku 2013. Disamping itu, mengesahkan laporan tahunan program kemitraan dan bina lingkungan tahun buku 2013 serta menyetujui penunjukan Kantor Akuntan Publik

ma, Hadi Waluyo, Muchammad Zaidun dan Farid Prawiranegara sebagai komisaris Independen. Untuk komisaris yakni Achmad Jazidie, Marwanto Harjowirjono serta Wahyu Hidayat Sedangkan jajaran direksi yakni direktur Utama tetap dijabat Dwi Soetjipto, dan 6 direktur lain yaitu Ahyanizzaman, Suharto, Suparni, Amat Pria Darma, Gatot Kustyadji serta Johan Samudra.(sho/ros)

(KAP) Usman Bing Satrio & Eny, member firm of Deloite Touche Tohmatsu Limited untuk melaksanakan aud it umum laporan keuangan perseroan 2014 dan audit laporan keuangan program kemitraan dan bina lingkungan tahun buku 2014. Perubahan Pengurus Perseroan yang baru juga disetujui dengan komposisi Dewan Komisaris yakni Mahendra Siregar selaku komisaris uta-

Kemenag Ingin Investasikan Dana Haji ke Pesawat

Di Bulan ini, 10 Kapal Pesiar Bersandar di Surabaya Surabaya-HARIAN BANGSA Selama bulan Maret 2014, Surabaya sudah dikunjungi 10 kapal pesiar. Ini menandakan Kota Pahlawan merupakan salah satu kota yang menarik unuk dikunjungi. Selasa (25/3), kapal pesiar Holland America Line, berkapasitas 2000 orang beserta kru merupakan kapal pesiar kesupuluh yang bersandar di Surabaya. Wisatawan asing yang mengikuti paket city tour sebanyak 245 orang. Mereka menikmati suasana Surabaya dengan mengunjungi Balai Kota, Pasar Bunga Kayoon, Monkasel, Patung Joko Dolog, dan House of Sampoerna. Wisatawan asing di bagi menjadi dua grup, pertama dengan mengendarai 4 bus sekitar pukul 09.00 wib tiba di Balai Kota Surabaya. Sedangkan grup kedua, mereka datang sekitar pukul 11.00 wib. Kedatangan wisatawan dari berbagai Negara ini disambut tarian reog Ponorogo, terlihat di wajah mereka sangat kagum, beberapa dari mereka tak luput untuk mengabad ikan pertunjukan reog Ponorogo. Tampak salah satu wisatawan juga tidak takut untuk naik di pundak reog. Setelah selesai menikmati dan memotret Reog Ponorogo, mereka kemudai masuk ke loby Balai Kota disambut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Wiwiek Widayati. Sebagai souvenir setiap wisatawan diberikan udeng dan selendang. Sebelum menikmati santap makan, mereka menikmati sajian tari Lenggang Suroboyo, saking senangnya ada beberapa dari mereka yang ikut menari Lenggang Suroboyo dipandu si penari. Menurut, Ida Widayati, Kepala Bidang Objek dan Promosi, kapal pesiar yang berkunjung ke Surabaya terus bertambah. Untuk bulan Maret sudah 10 kapal pesiar. Belum lagi nanti rencannya bulan Juni ada kapal pesiar yang akan bermalam di Surabaya. “Bulan Agustus nanti Surabaya rencananya akan dikunjungi kapal pesiar yang lebih besar dari hari ini,” ujarnya. Semakin banyaknya kapal pesiar yang bersandar di Surabaya menandakan Surabaya masih menjadi magnet bagi wisatawan mancanegara. Untuk itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya bekerjasama dengan agen perjalanan memilih lokasi-lokasi yang diminati wisatawan. (yul/fya/hms/ros)

GM PT PLN (Persero) Distribusi Jatim IBG Mardawa Padangratha menyematkan helm dan rompi kepada anggota pasukan pengamanan listrik Pemilu.foto:nisa/ HARIAN BANGSA

PLN Gelar Pasukan Pengamanan Listrik Pemilu Surabaya-HARIAN BANGSA Sukseskan pemilu 2014, PT PLN (Persero) Distribusi Jatim mengadakan Gelar Pasukan Pengamanan Listrik Pemilu secara serentak di 17 area seluruh PLN Distribusi Jatim, Selasa (25/3/2014). GM PT PLN (Persero) Distribusi Jatim IBG Mardawa Padangratha memimpin upacara gelar pasukan di PLN Area Surabaya Selatan, kawasan Ngagel diikuti 250 pasukan. Peserta terdiri dari pegawai PLN Kantor Distribusi Jatim, Area

Surabaya Selatan, Area Surabaya Barat, Area Surabaya Utara, Area Pengatur Distribusi, Pegawai Pasukan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), Petugas Pelayanan Teknik (Yantek) dan dihadiri perwakilan unit PLN. Yakdi dari PT PLN UIP VII, PLN UIP VIII, APB Jatim, APP Surabaya, PT PJB, dan PT Indonesia Power. Upacara diakhiri dengan penyematan helm dan rompi secara simbolik sebagai tanda siapnya PLN menjalankan tugas

pengamanan. ''PLN akan mengamankan pasokan aliran tenaga listrik di tempat penyelenggaraan pemilu, kantor KPU baik di tingkat pusat maupun daerah. Termasuk instalasi vital antara lain makodam, mapolda, stasiun televisi, stasium radio dan lain-lain terkait pemilu,'' ujar Mardawa, usai upacara. Pengamanan pasokan listrik akan dimulai pada H-3 sampai H+7 penyelenggaraan pemilu. (nis/ros)

Jakarta - HARIAN BANGSA Kementerian Agama (Kemenag) RI berencana menginvestasikan secara langsung dana haji yang dikelola selama ini dalam bentuk pesawat terbang untuk jamaah haji. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh (Dirjen PHU) Kemenag Anggito Abimanyu mengatakan, rencana investasi pesawat tersebut telah dijajakinya sejak beberapa tahun lalu. Selain pesawat, pihaknya juga akan menjajaki investasi pemondokan dan rumah sakit haji d i Arab Saudi. "Kami sudah mengkaji Anggito Abimanyu untuk investasi di pesawat. Pesawat berbadan lebar bisa ada keuntungan. Selain itu bisa efisiensi dana dengan mengurangi jumlah hari masa tinggal di Makkah," kata Anggito di Jakarta, Selasa (25/3). Akan tetapi, rencana tersebut belum dapat terealisasi karena pelaksanaannya masih menunggu Undang-Undang Pengelolaan Dana Haji yang saat ini masih dibicarakan di DPR. Namun demikian, Anggito berharap rencana tersebut dapat diwujudkan tahun ini. "Kami targetkan Oktober nanti bisa selesai. Saat ini masih dibahas di DPR, nanti masih akan diminta pendapat ke fraksifraksi untuk kemudian disahkan dalam rapat paripurna," ujar Anggito. Dengan adanya UU Pengelolaan Dana Haji, maka pengelolaan dana haji akan dilakukan khusus oleh Badan Peyelenggaraan Ibadan Haji (BPIH) yang secara regulasi akan berada langsung di bawah Kemenag. "BPIH nanti diberi mandat melakukan investasi haji yang saat ini mengendap, misalnya investasi portofol io, investasi emas dan investasi langsung tadi yang terkait dengan haji. Jadi nanti BPIH yang akan mengeksekusi," papar Anggito.Dia menyebut sebesar Rp 64,5 tril iun dana haji d itempat kan d i sukuk dan perbankan. (kcm/ros)

Menhut: Indonesia Bisa Jadi Raja Kayu Serpong - HARIAN BANGSA Indonesia kaya akan bahan baku kayu. Sayangnya industri berbasis kayu masih terpusat di Pulau Jawa. Menteri Kehutanan (Menhut) Zulkifli Hasan mengatakan saat ini bahan baku kayu pertukangan dianggap yang paling menguntungkan. Di samping itu,

Penumpang kapal pesiar diajak menari.foto:humas-harian bangsa

industri pulp dan paper juga sedang menggeliat. "Kalau kita bisa mengembangkan industri berbasis kayu ini Sumatera dan Kalimantan, kita (Indonesia) bisa jadi raja kayu," katanya ditemui di kantor PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk-Tangeran Mill, Selasa (25/3). Pemerintah berkomitmen

mendukung pelaku industri untuk berkembang. Caranya dengan menyiapkan lahanlahan untuk pembangunan pabrik. Untuk itu industri diminta menyiapkan strategi pengembangan usaha. Terkait dengan keberadaan hutan, saat ini hutan alam dikatakan tersisa 3-5 juta hektar.

Sedangkan Hutan Tanaman Industri (HTI) mencapai 30-40 juta hektar. Untuk itu Menhut meminta industri hanya menyerap kayu dari HTI agar jumlah hutan alam tidak semakin kecil. Berdasarkan fungsinya, hutan memiliki tiga kegunaan. Dari sisi ekonomi, hutan

Zulkifli Hasan tanaman terbukti memberikan kontribusi perekonomian yang cukup besar. (kcm/ros)

OTOMOTIF MOTOR

SEWA MOBIL

JASA ANGKUT ANGKUTAN PINDAHAN, Rumah / Kantor, Dll. Dalam Kota / Luar Kota. Hub: 0318470310, 70740990

SABAR INDAH Terima Jasa Angkutan Truk / Pickup Dalam / Luar Kota, Kota2 Surabaya. Biaya Nego Hub: 082140966793

hw*12/3-11/4/14

hw*25/2-26/3/14

KEHILANGAN up*25/2-26/3/14

TRENGGALEK

SURABAYA

STNK AG 6734 ZN A/N DENI PRIYO SAPUTRO D/A RT.34/09 SUMBERINGIN KARANGAN TRENGGALEK

STNK MTR HND TH.04 L.5718.TD AN. MUHAMMAD SHOLICHIN JL.MANUKAN LOR 8/11 SBY

26/3/14

wan*26/3/14

STNK AG 3971 ZN A/N INA YANUARTI D/A RT.22/04 KERJO KARANGAN TRENGGALEK

STNK MTR HND TH.07 L.2891.DH AN. PUGUH JL.DK KALIWARU TV/7 SBY

26/3/14

fn*6/3-6/4/14 fn*4/3-3/4/14

PASURUAN HLG STNK HND’13 N 5666 TAF A/N FERA RAHMAWATI D/A JAJAR LOR 3/5 GONDANG WETAN

MOBIL

26/3/14

HLG STNK MITS KUDA’99 N 1670 VB A/N SLAMET HARIYONO D/A PURWOSARI 6/1 PURWOSARI 26/3/14 hw*19/3-19/4/14

KURSUS MBL DJOEN MT/AT-SIM & STNK HUB: 031-7320331, 082894057478 RAYA KUPANG JAYA 19 SBY HUB: 031-5054606, 031-34211819 NGAGEL JAYA SELATAN 16 SBY PK.07.00 S/D 22.00 HRG PROMO

MOBIL

hw*15/3-14/4/14 fn*7/3-6/4/14

up*4/3-3/4/14

fn*8/3-7/4/14

hw*14/3-13/4/14 hw*18/3-17/4/14

SALE !!! Pusat Daihatsu Jatim 2014, Xenia DP 22 Jt-an @ 2,9 Jt Ayla DP 21 Jt-an @1,8 Jt PU DP 12 Jt @ 2,4 Jt Terios DP 30 Jt @ 4 Jt Sirion DP 25 Jt @ 3,9 Jt Luxio DP 25 Jt @4 Jt. DP Ringan, Proses Cpt & Gampang, Diskon Terbaik, Bunga 0% Telp. 031-88170088 hw*1/3-30/3/14

KURSUS MOBIL

up*25/2-26/3/14

up*25/3-25/4/14

PROMO NISSAN DP 25% Harga Terbaik Diskon Besar, Yoko Hub: 085332966771, 031-88153151

SUZUKI TERMURAH SEJATIM Ertiga, Pick Up, Wagon R, APV Gebyar Bonus, Discount Besar, Barang Ready Bisa Tukar Tambah, Proses Cepat Tanpa Tolak, Buktikan ! Hub: 031-92518069

hw*26/2-27/3/14

hw*26/2-27/3/14

up*26/2-27/3/14

MJ RENT A CAR Hub. 031-70777306, 03177725563, 8669320, 08121703970, New Eyes, Camry, Altis, Alphard, ELF, Pregio, Travello, Avanza, LGX, Innova, Bus AC Pariwisata 29,30,43,60 + Toilet, TV, CD, Karaoke, Recleaning Seat dan Terima Kontrak Bulanan / Tahunan

up*27/2-28/3/14

SIFA MOTOR Terima Sepeda Motor Segala Merek. Hub: 031-78627106, 087852608291 hw*15/3-14/4/14

SEWA MOBIL “PROMO PAKET TOUR” ARLINTA 031-70262428, 71761674, 8714795, 08123501089 Email:arlinta_transport@ yahoo.co.id Website:www.arlinta transport. com Mywakan Avanza, Innova, ELF, Hiace Comuter, Pregio, Travello, T.Altis, New Camry, Xerena, Fortuner, Alphard, Vellvire, Mercy New Eyes S350+S500, Mini Bus, Tape, Rec, Seat, Hri/Bln-an, D/L Kota, Mbl baru2, Rute Jawa-Bali dg Sopir Brpglaman & Sabar

**ELLY RENT CAR** Menerima Carteran Mobil + Driver Luar Dalam Kota Hub: 031-31226478, 082136052979, 085854461757 hw*15/3-14/4/14

HLG STNK YMH’12 N 4624 OR A/N NURHAYATI D/A KAUMAN 1/5 BANGIL 26/3/14

HLG STNK HND’06 N 2223 TJ A/N IRFAN EFENDI D/A GEMPENG 6/1 BANGIL 26/3/14

HLG STNK YMH’11 N 3638 OY A/N FATIMATULAINI D/A GNGGANGSIR 1/1 BEJI 26/3/14

HLG STNK YMH’12 N 4733 OJ A/N SOLIHIN D/A CURAHDUKUH 1/3 KRATON 26/3/14

HLG STNK YMH’14 N 2619 TAFA/N SHOFIANI MARWAH D/ASUMBERDAWESARI 2/8 GRATI 26/3/14

HLG STNK HND’11 N 3488 OO A/N MOH NASICHUDIN D/A BENDOMUNGAL 2/8 BANGIL 26/3/14

HLG STNK SPDM YAMAHA TH’04 NOPOL N 6140 OG A/N MUKHLAS D/A SEDANGREJO REJOSO PASURUAN 26/3/14

ANTAR JEMPUT PELAYANAN ANTAR JEMPUT utk Sby Barat & Pusat, Mobil Baru Hub: 081259731156, 031-70722155 hw*25/2-26/3/14

GADAI

up*15/3-14/4/14

SURABAYA HILANG BPKB ASLI TRUCK MITS BM115H TH.84 S.862O.UK AN.MAHAYUDIN AHMADI JL.DS KALEN RT1/RW2 KEDUNGPRING LAMONGAN NK.BM115H5O113 NS.6D14308457 BPKB HILANG TRUCK MITS TH.84 S.8620.UK NOSIN.6D14308457 NOKA.BM115H50113 AN.MAHAYUDINAHMADI JL.DS KALEN RT1/ RW2 LAMONGAN wan*26/3/14

SERVICE

ANUGERAH Telp. 031-70575627, 08123239560 Innova, Avanza, Xenia, Livina, Travello, Elv, BBM + Sopir Murah

SERVICE MOBIL KIA - HYUNDAI, Melayani Dalam & Luar Kota Emergency Call Hub. 031-77169465, 08123237573

KEHILANGAN BPKB TRUCK MITS TH.84 S.8620.UK AN.MAHAYUDIN AHMADI JL.DS KALEN RT1/RW2 KEDUNGPRING LAMONGAN KA.BM115H50113 SIN.6D14308457

hw*7/3-6/4/14

up*19/3-20/4/14

wan*26/3/14

hw*22/3-22/4/14 up*18/3-17/4/14

wan*26/3/14

STNK MTR HND TH.2000 L.3067.JV AN.BINSALSARRIALJL.GRIYAKEBRAON 2E/ 11 SBY wan*26/3/14

STNK MTR HONDA L.3525.QV AN.SUMIYATI JL.SIMOKERTO 7/9A SBY wan*26/3/14

STNK MTR YAMAHA L.5535.EN AN. WARJONO JL.MEDAYU UTARA 27D/14 SBY wan*26/3/14

HILANG BUKU KIR MBL DAIHATSU TH.04 L.8116.SEAN.CVSINERGISUKSESBERSAMA JL.SIDOYOSO WTN 2/14 SBY wan*26/3/14

STNK SPD MTR GAZA FLOW AGH.110 TH.05 L.5542.CY AN.YUNNA JL.KARANG MENJANGAN 8/53 SBY wan*26/3/14

HILANG BUKU KIR MITS T120SS TH.10 L.8446.LW AN.FAISALASHARI JL.KEDUNG ANYAQ 3/15ASBY wan*26/3/14

STNK MTR YMH 1KP TH.12 L.5444.CU AN.RINI KARTIKAWATI JL.BABATAN PANTAI 12/20 SBY wan*26/3/14

STNK MTR HND NC12A TH.12 L.4790.RH AN.LESMAWATI JL.TAMBAK ASRI DAHLIA 8/ 15 SBY wan*26/3/14

STNK MTR HND NC11A TH.09 L.6316.DM AN.PRASETIO ARI.W JL.NGAGEL WASONO 4/42 SBY

wan*26/3/14

TERIMA GADAI Mobil / Motor Hanya STNK yg Masih Masa Kredit. Hub: 082333250007, 085931172789

wan*26/3/14

HILANG BPKB ASLI MBL OPEL BLAZER TH.96 L.1021.PY NK.S76T13612 NS.22SEC 25001837 AN.CERAWATI DJAJA PUTRA JL.EMBONG MALANG I-3 SBY

wan*26/3/14

STNK MTR HND NF100 TH.01 L.2077.ZN AN.KAMBALI JL.SIMO JAWAR 6/68 SBY wan*26/3/14

STNK MTR SZK FD125 TH.05 L.4492.DE AN.GATOT EDI.S,DRG JL.DUYUNG 17 SBY wan*26/3/14

STNK MTR YMH 5D9 TH.10 L.5927.E AN.FENNY POWANTO JL.VIRGO 2 SBY wan*26/3/14

STNK MTR HND NF125TR TH.10 L.5836.EK AN.AFAN THOLHAN,SAG JL.SEMOLOWARU ELOK K/12 SBY wan*26/3/14


5

HARIAN BANGSA RABU, 26 MARET 2014

BPD dan Ketua Pilkades Tawangrejo Sikapi Kasus Kades Parti Humas Polres Madiun Berharap JPU Profesional Madiun-HARIAN BANGSA Ketua BPD Tawangrejo Sarni Ghozal i buka suara terkait kasus ijazah Kepala Desa (Kades) Parti yang sudah sejak lama dalam penyidikan kepol isian Polres Mad iun. Tak hanya itu, SPDP kasus tersebut sudah d ikirimkamkan ke Kejaksaan Negeri Mejayan. Saat dihubungi HARIAN BANGSA kemarin (25/3), Sarni mengatakan, dirinya tidak terlibat dalam kasus ijazah palsu tersebut. ''Sejak awal memang kami sudah tahu kalau ijasah terse-

but palsu. Akan tetapi itu kewenangan dari panitia yang seharusnya diverifikasi terlebih dahulu,'' katanya. Mengenai proses hukum yang sedang berjalan, Sarni menyerahkan sepenuhnya kepada lembaga penegak hukum. Sementara Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tawangrejo, Mindarto menyatakan, dirinya sebagai Ketua Panit ia Pil kades merasa ditipu oleh Parti. ''Sampai-sampai saya bolak balik diperiksa pihak kepoli-

sian ini gara-gara aku dibohongi oleh Parti yang ijasahnya palsu. Kalau saja dari awal saya tahun kalau palsu,mungkin saya tidak akan meloloskannya,'' ujar pria yang akrab disapa Lamin tersebut. Dia mengatakan, sebelumnya sudah menanyakan kepada pihak Parti, dan diperoleh keterangan apabila semua asli dan d itunjukkan legal isir ijasah paket B yang dimiliki. Lamin mengatakan, dirinya tidak mungkin membela orang yang salah. ''Intinya Saya me-

Mindarto, Ketua Pilkades Tawangrejo

AKP Joko suseno, Kasubag Humas Polres Madiun

rasa tertipu oleh Parti, saya juga sekarang jadi tidak tenang karena harus mondar mandir ke Polres diperiksa sebagai saksi, saya menyesal,'' katanya. Sementara mengenai langkah dan upaya panitia paska ditetapkannya Parti sebagai tersangka dan dijerat dengan pasal 263 ayat 2, baik Mindarto maupun Sarni Ghozali menyerahkan sepenuhnya pada proses hukum yang yang sedang berjalan. ''Kalau nanti putusannya kurang dari satu tahun, pihaknya akan menunjuk perangkat se-

Ratusan K2 Luruk Dewan

Pemkot Madiun Gelar Pembinaan Aparatur MADIUN- Walikota Madiun, H. Bambang Irianto SH MM menginginkan PNS Pemkot Madiun bisa bekerja dengan benar, senang, dan tidak menyalahgunakan kas daerah. ''Disiplin PNS sangat penting untuk kita tegakkan, apalagi dengan berlakunya UU Momor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara,'' kata Walikota. Dia menjelaskan, PNS mempunyai fungsi utama melaksanakan kebijakan publ ik, serta sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. ''Oleh karenanya dibutuhkan PNS yang profesonal, bebas dari intervensi politik, serta bersih dari praktik KKN,'' tegas Walikota dalam acara pembinaan aparatur pemerintahan di Gedung Diklat Pemkot. Hadir dalam acara tersebut, Kepala SKPD serta ratusan PNS yang membidangi kepegawaian. Bambang Irianto juga berpesan agar di tahun politik ini PNS Kota Madiun bisa menjaga netralitas. ''Bebas dari intervensi politik serta tidak hanyut oleh rayuan sesaat yang dapat menjerumuskan PNS pada pelanggaran disiplin,'' katanya. Sementara Kabag Humas Pemkot Madiun, Doris Eko Prasetyo SSTP MSi menyampaikan, kegiatan pembinaan aparatur pemerintah di lingkup Pemkot Madiun digelar selama satu hari dan diikuti lebih dari 400 PNS yang membidangi kepegawaian dari semua SKPD. Kegiatan tersebut, ujarnya, menghadirkan narasumber Sekretaris Daerah, Asisten Pemerintahan dan Pembangunan, Kepala BKD dan Kepala Inspektorat Kota Madiun. Dalam kegiatan tersebut beberapa materi yang diberikan diantaranya terkait dengan UU No. 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Kode etik dan perilaku PNS, Netralitas PNS dalam Pemilu 2014, serta Disiplin PNS. (mdn-1/lan)

bagai Pj akan tetapi kalau lebih dari setahun ya minta petunjuk Pemkab untuk segera menunjuk Plt dari Pemkab,'' ujarnya. Sedangkan Kasubag Humas Polres Madiun, AKP Joko Suseno mengatakan, pihak kepolisian sudah merampungkan berkas perkara Parti. Pihaknya berharap Jaksa Penuntut Umum (JPU) bisa bekerja profesional dalam perkara tersebut. ''Ya mudah-mudahan sesuai dengan harapan semuanya dan kasusnya segera tuntas," ungkapnya. (mdn-1/lan)

Sebulan Terima Gaji Rp 150 Ribu RUSAK PARAH. Kondisi atap bangunan SDN Werungotok I yang rusak parah dan belum juga diperbaiki. foto: bambang dj/HARIAN BANGSA

Atap SDN Werungotok I Rawan Ambruk Nganjuk-HARIAN BANGSA Kondisi atap bangunan SDN Werungotok I, Kecamatan Kota Nganjuk cukup memprihatinkan. Bangunan sekolah yang diperbaiki tahun 2004 tersebut hingga saat ini belum mendapat bantuan rehabilitasi dari Pemkab Nganjuk melalui Dinas Pendidikan dan Olahraga Daerah (Dikporada) Nganjuk. Plt Kepala Sekolah SDN Warungotok I Erlin Pudjiastuti mengatakan, dirinya sudah berulang kali mengajukan permohonan kepada dinas, tetapi hingga saat ini belum mendapatkan tanggapan dari pengajuannya. ''Saat ini saya tinggal menunggu, mana yang datang duluan robohnya apa bantuanya,'' kata Erlin, Selasa (25/3). Dia mengatakan, pihak sekolah merasa khawatir atas keselamatan anak didiknya. Pasalnya,. atap bangunan sudah mulai keropos dimakan usia. Ditambaj kond isi cuaca masih tidak

menentu bahkan terkadang hujan disertai angin kencang yang datang tiba-tiba. “Jelas para murid tidak fokus dalam belajarnya, jika hujan tiba-tiba turun,” terangnya. Ditambahkan Erlin, pada tahun 2012 lalu pihaknya sudah mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari enam kelas yang seharusnya direhap bersama an, tapi hanya dua kelas saja yang direhap. Sedangkan sisa empat kelas lainnya hingga saat ini belum direhap. “Saya berharap kepada dinas untuk segera meninjau sekolah kami supaya dapat mengetahui kondisi sekolah yang sebenarnya,” pinta Erlin. Sementara Komnas Peduli Anak Indonesia Pusat Jakarta Kusumo menghimbau, kepada Dikporada Kabupaten Nganjuk untuk segera melakukan perbaikan sekolah tersebut, mengingat kondisi bangunan sudah tidak layak sebagai tempat belajar mengajar. (bam/lan)

Ratusan Rumah Warga Berciri Kerajaan Majapahit Mojokerto-HARIAN BANGSA Sebanyak 296 rumah warga yang tersebar di sejumlah desa di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto akan direnovasi menjadi rumah khas zaman Kerajaan Majapahit. Untuk setiap rumah warga, pemerintah mengalokasikan bantuan senilai Rp 25 juta. Kepala Disporabudpar (Dinas Pemuda dan Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata) Kabupaten Mojokerto, Didik Kusnul Yakin mengatakan, renovasi rumah warga dilakukan hanya bagian depan, atap dan pagar depan. Minimal jika dilihat dari depan, rumah-rumah itu terlihat seperti rumah pada zaman Kerajaan Majapahit. Begitu pula pagar depan rumah, akan dibangun

seperti pagar kampung zaman Majapahit dulu. "Semua perencanaan proyek dan desain rumah sudah disiapkan. Ratusan rumah itu akan dibongkar tapi tidak keseluruhan, hanya bagian depan dan atap yang perlu direnovasi," jelas Didik, Selasa (25/3). Didik menambahkan, saat ini Pemprov Jatim dan Pemkab Mojokerto telah menyiapkan anggaran khusus untuk memberi bantuan kepada warga Trowulan. Setiap rumah berhak atas Rp 25 juta. Dari jumlah itu telah disepakati, Rp 20 juta berasal dari Pemprov Jatim, sedangkan Rp 5 juta dari Pemkab Mojokerto. Namun, katanya, jumlah itu belum termasuk dukungan dari pemerintah pusat. (gun/lan)

Mojokerto-HARIAN BANGSA Sebanyak 155 tenaga honorer daerah kategori II (K2) yang tidak lulus seleksi CPNS, mendatangi Gedung DPRD Kota Mojokkerto, kemarin (25/3). Mereka mendesak Pemkab memperhatikan nasib mereka yang selama ini menerima upah minim dari Satuan Kerja (Satker) dan pihak sekolah. Dalam dengar pendapat di Aula DPRD, Rini yang menjadi Juru Bicara Forum Komunikasi (Forkom) K2 tak bisa membendung air matanya ketika menyampaikan buruknya nasib rekan-rekan seprofesinya. "Kami selama ini cukup bersabar Pak. Dengan masa pengabdian rata-rata puluhan tahun kami menerima gaji sangat minim yakni Rp 150 ribu Forkom, Rini. foto: yudi sampai Rp 400 ribu. Tergan- Jubir eko purnomo/HARIAN BANGSA tung kemampuan setiap satker atau sekolah yang kami ikuti Pak," tutur Rini yang berprofesi sebagai guru TK sembari bercucuran air mata. Situasi tersebut membuat hampir sebagian besar mata pegawai K2 yang rata-rata berusia setengah tua berkaca-kaca. Rini mengatakan, gaji sebesar itu sangat tidak relevan dan tidak bisa digunakan sebagai biaya hidup selama satu bulan. Apalagi kesempatan menjadi PNS sudah tertutup karena tidak ada rekrutmen lagi. "Karenanya kami mohon bapak-bapak pedulikan nasib kami," harapnya. Mendengar harapan itu, Sekda Pemkot Mojokerto Budwi Sunu berjanji memperjuangkan nasib K2. "Kami berjuang mengkaji kembali agar honor disesuaikan (dengan UMK) dan bisa diambilkan dari APBD. Aspirasi ini kita dengar," ujarnya. Dia berharap tidak ada aturan yang melarang rencana tersebut. "Mudah-mudahan boleh. Jangan sampai ketika kita berhasil memperjuangkan pada akhirnya kita disuruh mengembalikan," cetusnya. Apalagi, lanjutnya, Walikota Mojokerto sudah berbicara di media bakal mengakomodir dan tidak menelantarkannya K2. "Ini bukan angin surga. Kita akan berjuang ke Menpan dan RB agar bisa diangkat jadi PNS. Tapi ini bukan janji tapi akan kita upayakan," janji Sekda. Ketua Komisi I DPRD Kota Mojokerto, Deny Novianto menandaskan statemen Sekda. "DPRD siap memperjuangkan honor K2 masuk APBD. Mumpung UU ASN belum disahkan kita akan ke Jakarta menemui Menpan untuk mengupayakan nasib K2 jadi PNS," tegasnya. (yep/mjk-5/lan)

Walikota Mojokerto Kukuhkan Panitia Ujian Nasional 2014 Mojokerto-HARIAN BANGSA Walikota Mojokerto, Mas’ud Yunus mengukuhkan Penitia Ujian Sekolah dan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2013/2014 di Pendopo Graha Praja Wijaya, Selasa (25/3). Dalam sambutanya, Mas'ud Yunus meminta agar memberi kemudahan kepada mereka agar bisa ikut ujian. “''Jangan sampai ada anak tidak bisa ikut ujian karena syarat administrasi apalagi masalah keuangan, duit iso ditoto mburi sing penting iso ujian, kalau tidak bisa mbayari ngomong neng Walikota,'' katanya usai mengukuhkan panitia ujian sekolah dan ujian nasional tahun pelajaran 2013/2014 yang bertempat di Pendopo Graha Praja Wijaya, Selasa (25/3). Menurutnya, langkah terse-

but diperlukan sesuai dengan program wajib belajar 12 tahun di Kota Mojokerto. Dimana, tahun ini tidak boleh ada anak yang tidak bisa ikut ujian karena persyaratan administrasi. Walikota berharap agar menghindari adanya pemberitaan atau kebocoran soal. ''Saya tidak ingin ada upaya untuk memanfaatkan hal-hal yang bersifat komersial. Mari jalani ujian dengan jujur, saya ingin ujian nasional ini berhasil baik dan berkual itas seperti harapan,'' katanya. Mas’ud Yunus juga mengamanatkan kepada para penyelenggara Ujian Nasional yang telah dikukuhkan, agar benarbenar mempelajari aturan yang telah ditetapkan, antara lain Peraturan Menteri, prosedur

Walikota Mojokerto, Mas’ud Yunus saat sedang mengukuhkan Panitia Ujian Nasional 2014. foto-foto: rohmad aris/HARIAN BANGSA operasional standar maupun pedoman teknis. “Selain itu para panitia harus sal ing berkoord inasi dengan satuan pend id ikan sejenis dalam memahami pe-

doman pelaksanaan Ujian nasional. Dan menyiapkan peserta d id ik baik fisik , mental, maupun kemampuan siswa dalam memahami soalsoal. Lebih optimal kan pe-

ngayaan materi pelajaran pada peserta didik,” tandasnya. Di samping itu, Mas’ud berharap agar para guru terus melaksanakan pembinaan dan pengawasan belajar. “Kalau

perlu adakan bimbingan belajar dan try out secara bersamasama, beri motivasi kepada siswa agar berkonsentrasi pada ujian nasional dan mengurangi beban siswa dengan tugas-

tugas lain,” katanya. Menurutnya, Ujian Nasional dikatakan sukses apabila penyelenggara sudah sesuai dengan ketentuan dan hasilnya memuaskan dan membanggakan. “Tahun pelajaran lalu, Kota Mojokerto masuk 10 besar daerah di Jatim yang meluluskan 100 % muridnya mulai tingkat SD hingga SMA, dengan nilai rata-rata cukup membanggakan. Prestasi ini hendaknya dipertahankan dan ditingkatkan agar kota Mojokerto yang kecil ini mampu berbicara di tingkat regional terlebih lagi nasional,” harapnya. Hadir dalam pengukuhan tersebut Sekdakot Budwi Sunu, Kapolresta Wiji Suwartini, Kepala Dinas P dan K, serta Kepala Kementerian Agama. (ris/lan)


HARIAN BANGSA

RABU, 26 MARET 2014

6

Jelang UN, SMA Muallimin Tuban Istighasah Bersama TUBAN – Menjelang Ujian Nasional (UN) yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 April mendatang, SMA Muallimin Tuban menggelar istighasah bersama di aula sekolah, Selasa (25/3). Kepala SMA Mual l imin Tuban, M Sofyan Had i, mengatakan, istighasah merupakan bentuk dukungan secara spritual kepada para siswa binaannya, dalam menghadapi UN. Siswa diminta agar semakin mantab dan berani saat mengahadapi UN nanti. Sebab, rumor berkembang saat ini UN menjadi permasalahan yang sangat menakutkan di benak pikiran siswa. Kekhawatiran di benak siswa itu harus dibina secara mental. Kalau tidak, para siswa akan ragu saat mengahadapi UN. Dengan istighasah, kata Sofyan, diharapkan menjadi modal anak untuk menghadapi ujian yang akan datang. Dengan keyakinan dan sikap optimisme, siswa akan lebih mudah saat menghadapi UN nanti. "Istighasah bersama ini perlu dilakukan agar para siswa terbina mentalnya saat menghadapi UN nanti," katanya. Selain itu, lanjut Sofyan, pihaknya juga bakal memberikan bimbingan kepada para siswa, baik dalam hal pelajaran maupun mental. Tidak hanya itu, laitihan mengerjakan soal dan zikir bersama juga akan terus digalakkan menjelang UN. Selain itu, pihak sekolah juga bakal mengajak para siswanya untuk berziarah ke makam para wali yang ada di Tuban. Sekadar diketahui, istighasah tersebut dipimpin oleh Kiai Rofi'i yang kebetulan guru Aswaja di SMA Muallimin Tuban. Selain itu, Kiai Rofi'i juga menjabat sebagai Sekretaris LDNU Cabang Tuban. (tbn-1/sal)

Ketika Salat Diremehkan Rasulullah Muhammad SAW bersabda, "Salatlah sebagaimana kalian melihatku menjalankannya." (HR Bukhari-Muslim).

Istighasah jelang UN di SMA Muallimin Tuban.

SALAT adalah suatu ibadah yang terdiri dari perkataanperkataan dan perbuatan-perbuatan tertentu sesuai sarat dan rukun yang dimulai dengan Takbiratul Ihram dan disudahi dengan Salam. Tata caranya adalah sesuai yang dituturkan oleh para Sahabat yang mel ihat Rasulul lah sewaktu sedang salat.

foto: suwandi/

HARIAN BANGSA

Turun-temurun hingga sekarang, maka begitulah kita dapat melihat orang-orang mendirikan salat. Demikian pula kita mendirikan salat sesuai ajaran yang kita yakini kesahihannya hingga saat ini. Menurut sejarahnya, perintah salat diterima oleh Rasululah SAW ketika menunaikan Isra’ mi’raj. Bahwa Nabi Muhammad naik menuju Sidratul Muntaha dan bertemu secara langsung (yaqodhoh) dengan Allah SWT. Pada saat inilah Rasulul lah mendapat perintah baginya beserta seluruh umat yang mempercayai keterutusannya,

berupa salat 50 kali sehari yang kemudian dikurangkan hingga lima kali. Pewahyuannya yang secara langsung ini menjadikan salat d iyakini oleh para ulama sebagai sebuah ibadah yang memiliki keistimewaan-keistimewaan tertentu. Salat adalah ibadah yang pertama kali akan ditimbang kelak dihari pembalasan. Jika seorang hamba baik salatnya maka tentu menjadi baik pulalah seluruh amal perbuatannya. Sebaliknya, jika seorang hamba jelek salatnya, maka berarti buruk pulalah seluruh hidupnya.

Tentu urusan baik dan buruk ibadah salat seseorang kemudian bukan hanya ditentukan oleh rajin dan tidaknya ia pergi ke Masjid. Melainkan juga menghitung khusyuk ataukah tidaknya, ikhlas atau pamernya seorang hamba ketika sedang menghadap Sang Pencipta alam semesta ini setiap waktunya. Sebagaimana firman Al lah, "Telah beruntunglah orangorang mukmin, yaitu mereka yang khusyu' dalam salatnya." (QS. Al-Mu'minun, 23:1-2) Bukan hanya di akhirat Allah menjanjikan kebahagiaan bagi hambanya yang mendirikan

salat dengan segenap jiwa dan raganya. Semenjak di dunia pun Al lah telah memberi kabar gembira kepada umat Islam bahwa "Sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi…" (QS. al-A'raf, 7:96) Meskipun ketaqwaan tidak dapat hanya diukur dari sisi lahiriah berupa salat saja, namun salat jelas-jelas merupakan pintu masuk bagi setiap Musl im untuk memulai pengabdian kepada Al lah dan Rasulullah. (nuo/sal)

Silaturrahim Siapa bilang warga NU tidak punya agenda kegiatan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan? Kegiatan itu ternyata banyak sekali jumlahnya mulai dari tahlilan, yasinan, walimahan/ pernikahan, pengajian rutin, imtihan/wisuda, seminar, diskusi dan masih seabreg jika disebut satu persatu. Ingin dimuat di HARIAN BANGSA? Mudah. Cukup ketik SMS ya, kirim ke 08123064028 atau email: bangsasilaturrahim@gmail.com. Jangan lupa: Nama, Alamat, dan kegiatannya, kalau ada fotonya yang menarik, ya. Saya muat di Harian BANGSA [korane warga NU]. Itung-itung dokumen pribadi. Kalau dimuat, dibingkai pigora yaaa. Apakah ada yang sulit, SEDULUUUUR?????

08123064028 - 081216031525 Agama Ibrahim, dari Babel hingga Bible SURABAYA-Pengajian akbar Ahad pagi, 6 April 2014 digelar dalam rangka Milad ke-5 Al-Huda Jl Karah Agung V/2A. Pengajian untuk umum itu menghadirkan Ust Masyhud MS yang mnembawakan tema Peran Strategis Kristologi dalam Pembinaan Akidah. Juga Utd Drs Menachem Ali MA dengan tema Kristologi Tauhid: Agama Ibrahim, dari Babel hingga Bible. Dimeriahkan dengan kegiatan donor darah. (Bu Seno)

Pengajian Bareng Kiai Makruf SURABAYA-Pengajian umum digelar di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Jihad Jemursari Utara III Surabaya. Kali ini mengundang penceramah KH Makruf Islamuddin dari Sragen Jawa Tengah. Selain ceramah agama, acara diselingi dengan dzikir Rohmatan Lil Alamin dengan pimpinan KH Imam Hambali. Kegiatan digelar Sabtu, 29 Maret 2014 pukul 19.00.

Pengajian Kitab Washiyatul Musthofa SIDOARJO- Pengajian rutin Kitab Wahiyatul Musthofa yang diasuh oleh KH Masyhudi Mukhtar di Masjid Al-Mubarok Jl KH Sulaiman Gemurung Gedangan. (Samsul Fuad Bakri)

Kajian Alquran KH Salim Imron SIDOARJO-Takmir Masjid Besar Al-Hidayah Jalan Ahmad Yani 55 Gedangan Sidoarjo

bangsasilaturrahim@gmail.com

mengadakan kajian Alquran dan tanya jawab bersama KH Muh Salim Imron pada Ahad Kedua setiap bulan. Dilaksanakan bakda salat Subuh, diakhiri dengan salat Dhuha dan Hajat. Pada Ahad Keempat, materinya diganti Kajian Hadis.

Full Kajian Kitab dan Bahtsul Masail NGANJUK-Hadirilah kegiatan rutin di Masjid Jamik Al-Falah Desa Pelem Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk setiap rabu

KARIR

ELEKTRONIK

LOWONGAN

KERJASAMA

Malam Kamis pukul 19.30: 1. Pengajian ASWAJA An-Nahdliyah oleh K Sulton Abdul Hadi; 2. Pengajian Kitab Riyadhus Shulihin oleh KH Athour Rochiem; 3. Tafsir Alquran oleh Ustd Drs Imam Masyhadi Al-Hafidh; 4. Pengajian Kitab Iryadul Ibad oleh KH Hasan Bisyri; 5. Lailatul Ijtimak dan Bahtsul Masail Malam 15 Qomariyah oleh Drs KH. M. Da’in Masyhuri MM; 6. Jam’iyatul Qurro Sabtu malam Ahad oleg Ustd H Khoiruddin; 7. Ahad Legi Khataman Alquran Putra BilGhoib. (Athour Rohman Wahid)

ELEKTRONIK

MESIN

LOWONGAN

up*18/3-17/4/14

MESIN BUBUT 46x80 Mazak jr Jepang 60 Jt Nego Siap Pakai Hub: 08155079940, 031-71660885

fn*23/2-24/3/14

hw*21/3-21/4/14

fn*20/3-20/4/14

hw*25/3-25/4/14

KOMPUTER JUAL KOMPUTER NB, ACC, Alat Pel Mekanik, Krupuk Udang Manis & Pedas Hub: 031-8706686, 60224115

up*26/2-25/3/14

hw*23/2-24/3/14 up*6/3-5/4/14 up*21/2-22/3/14 fn*22/3-22/4/14

PASANG BARU BIG TV Cukup Bayar Rp. 120.000 dpt 2 Bln All Chanell dan 1 Bln Paket Basic. Hub. 031-31174999

up*25/2-26/3/14

ANDA JUAL KULKAS, AC, Mesin Cuci, Freezer Box, Keadaan Rusak Maupun Normal, Kita Beli Sesuai dgn Barang yg Dijual Hub: 031-72011611, 0818390758 Jl. Girilaya No.30

up*20/3-20/4/14

hw*22/3-22/4/14

FOTO COPY

hw*4/3-3/4/14 up*20/3-20/4/14

fn*18/3-19/4/13

hw*26/3-26/4/14

DICARI SOPIR SIM A atau B1, Max Usia Kurang Lebih 30 Th ke Atas, Lamaran Langsung dibawa ke Raya Kupang Jaya 19, Segera

LOWONGAN DICARI PRT / BABY SITTER / Semi Langsung Kerja. Hub. 031-70213989, 081332548910 up*25/2-26/3/14

fn*24/3-24/4/14

hw*15/3-14/4/14

IR 5000 / 6000 / 6570, NP 6551 / 6545 / 6050 / 6035 / 6030. Harga Mulai 5 Jutaan. Manunggal Kebonsari No 17. Hub : (031)72666777, 081331660077.

SERVICE

PELUANG BISNIS JUAL / CARI Agen Seluruh Indonesia, Bumbu Masak Praktis “Cap Baki” Tanpa Pengawet & Penyedap, Ada 22 Macam Masakan: Kebuli, Rendang, Opor, dll. 15.000/ Saset isi 200 gram, Bisa utk Daging 1/2 Kg. Hub.087851432903 Bpk Fahad up*23/3-23/4/14

PARABOLA

up*20/3-20/4/14

SUMBER TEKNIK SERVICE AC, Kulkas & Dispenser, Bongkar Pasang Kulkas, Freezer, Filter + Jual Beli. Hub. 03171991258, 081231434308

JUAL SPARE PART FOTO COPY Protolan / Mutilasi Terlengkap se Indonesia IR5000 / 6000, 6050, 6045, 6545, 6551, 6560, 5070, 5570, 6570 Hub. Jl. Manyar Sambongan 63 Telp. 031-71150150, 72150150, 08883778377

up*26/2-27/3/14

up*26/2-27/3/14

up*25/2-26/3/14


7

HARIAN BANGSA

RABU, 26 MARET 2014

Asal Usul Pendirian Ka’bah (2) Tidak Ada Ruang Salat, Muslim AS Protes SEPASANG suami-istri Muslim mengajukan gugatan pada pemilik Malkin Properties dan perusahaan keamanan Andrews International Inc yang berkantor di New York Empire Building. Mereka merasa dipermalukan karena tidak mendapatkan tempat yang layak untuk salat. Seperti dilansir New York Post kemarin (24/3), tuntutan itu bermula ketika kedua pasangan itu berada di lantai 86. Mereka mencari tempat yang sepi untuk melaksanakan salat. Namun, mereka tidak menemukan ruangan yang sepi untuk melaksanakan salat. Mereka pun memutuskan untuk salat di depan umum. Sebelum melaksanakan salat, mereka sudah meminta izin petugas keamanan terlebih dahulu. (epu/nis)

FASIK FASIK (al-fisq) berasal dari akar kata fasaqa-yafsiqu/ yafsuqu-fisqan-fusuqan. Secara etimologis (bahasa), dalam ungkapan orang Arab, fasik maknanya adalah keluar dari sesuatu (al-khuruj ‘an asy-syay’i) atau keluar (baca: menyimpang) dari perintah (al-khuruj ‘an al-amr). Secara terminologis (istilah), menurut al-Jurjani, orang fasik adalah orang yang menyaksikan tetapi tidak meyakini dan melaksanakan (al-Jurjani, At-Ta’rîfât. I/211). Sedangkan al-Manzhur lebih lanjut menjelaskan bahwa fasik (al-fisq) bermakna maksiat, meninggalkan perintah Allah, dan menyimpang dari jalan yang benar. Orang fasik adalah orang mukmin atau orang muslim yang secara sadar melanggar ajaran Allah (Islam) atau dengan kata lain orang tersebut percaya akan adanya Allah, percaya akan kebenaran Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW tetapi dalam tindak perbuatannya mereka mengingkari terhadap Allah dan hukumNya, selalu berbuat kerusakan dan kemaksiatan. Firman Allah: “Orang Fasik adalah orang yang melanggar perjanjian itu teguh, dan memutuskan apa yang diperintahkan Allah (kepada mereka) untuk menghubungkannya dan membuat kerosakan dimuka bumi. Mereka itulah orang yang rugi” (QS Al Baqarah:27). (net/nis)

Angin Berkepala Ular Tunjukkan Lokasi Ka’bah Ka’bah adalah kiblat seluruh kaum muslimin dunia yang menjadi simbol kesatuan mereka dibawah ikatan tauhid dan keimanan kepada Allah swt. Pembangunan ka’bah hingga seperti yang sekarang ini telah melalui beberapa tahapan. 3. Pada masa Ibrahim dan Ismail as. As Suddiy mengatakan bahwa tatkala Al lah swt memerintahkan Ibrahim dan Ismail agar membangun sebuah rumah lalu mereka berdua tidak mengetahui dimana tempat akan dibangunnya hingga Allah mengirimkan angin, ada yang menyebutkan angin itu adalah al khajuj yang memiliki dua sayap sementara kepalanya berbentuk ular. Lalu ular itu membersihkan daerah sekitar ka’bah sebagai tempat dibangunnya rumah pertama. Keduanya pu mengikutinya dengan membawa alat penggali dan melakukan penggalian sehingga mereka berdua berhasil meletakkan pondasinya, sebagaimana firman Allah swt : Artinya : “Dan (ingatlah), ketika kami memberikan tempat kepada Ibrahim di tempat Baitullah.” (QS. Al Hajj : 26)

Setelah mereka berdua meletakkan dasar-dasarnya maka dibangunlah rukun-rukunnya. Dan Ibrahim mengatakan kepada Ismail,”Wahai anakku, carikanlah untukku batu hitam dari daerah India, dahulunya ia adalah batu yakut yang paling putih. Dahulu batu itu dibawa oleh Adam as tatkala diturunkan ke bumi dari surga namun kemudian berubah warnanya menjadi hitam karena dosadosa manusia. Ismail pun

Tiga Tipe Manusia Memakan Potongan Api

TIGA tipe tersebut adalah tipe manusia yang kita saksikan cukup merebak memenuhi panggung kehidupan manusia saat ini. Baik di kalangan elit penguasa dan pejabat publik ataupun kalangan rakyat biasa. Baik di kehidupan siang ataupun kehidupan malam, dan baik di hotel, di pasar, di tempat hiburan, di perkantoran ataupun di hunian mewah. Al lah Swt memperl ihatkan pemandangan tersebut kepada Rasulul lah Saw, tentu agar menjadi ibrah dan pelajaran berharga bagi manusia, terutama yang menginginkan keselamatan hidup di dunia dan di akhirat kelak. Sesungguhnya, masa depan mereka sudah jelas yaitu azab yang mengerikan di neraka. Dan sepatutnya kita harus menghindari perilaku-perilaku tersebut. Ketika pada puncaknya Rasulullah Saw menerima perintah agung, yaitu menunaikan salat wajib lima waktu, nyata sekali hikmah yang bisa kita petik, yaitu pelaksanaan perintah salat adalah dalam

ILUSTRASI

rangka menghindarkan manusia dari perilaku buruk sebagaimana Allah Swt tunjukkan di langit pertama itu. Memakan harta anak yatim (harta yang diharamkan Allah Swt), sudah menjadi hal yang kasat mata dalam kehidupan manusia saat ini. Padahal Al lah Swt telah memproyeksikan kelak mereka akan memakan potongan api berbentuk batu. Potongan

lah yang Maha mendengar lagi Maha Mengetahui”. (QS. Al Baqoroh : 127) 4. Dibangun oleh orangorang Quraisy. Pada usia Rasulul lah saw mencapai tiga puluh lima tahun, orang-orang Quraisy sepakat untuk merenovasi ka’bah. Ka’bah adalah susunan batubatu yang lebih tinggi dari badan manusia, sekitar sembilan hasta yang dibangun sejak masa Ismail

tanpa memiliki atap sehingga banyak pencuri yang mengambil barang-barang berharga yang disimpan didalamnya. Lima tahun sebelum tahun kenabian, Mekah dilanda banjir besar sehingga meluap ke Masjidil Haram dan dikhawatirkan sewaktu-waktu akan dapat meruntuhkan ka’bah. Orangorang Quraisy merasa bimbang antara merenovasi atau membiarkannya seperti apa adanya. (bersambung)

Pendekar Kapak Kuning, Robin Hood Tanah Jawa (635)

Rasul SAW Saksikan Para Pendosa di Akhirat (2)

Tiga tipe manusia yang dijumpai oleh Rasulullah Saw pada saat Mi’raj tersebut, yaitu pemakan harta anak yatim (harta yang bukan haknya), pemakan riba, dan pezina.

membawa sebuah batu namun ia mendapatkan batu hitam itu sudah berada d isalah satu sudut. Ia pun bertanya kepada ayahnya,”Wahai ayahku siapa yang mendatangkan batu itu kepadamu?’ Ibarahim menjawab,”Dia adalah yang lebih rajin darimu.” Maka mereka berdua membangunnya dan sambil berdoa,” Artinya : “Ya Tuhan kami terimalah daripada kami (amalan kami), Sesungguhnya Engkau-

api itu akan membakar organ-organ tubuh yang dilaluinya dengan menyisakan sakit yang luar biasa. Meski sakit, potongan api itu kembal i dimakannya. Demikian hal ini dilakukan secara berulang sebagai bentuk azab dari Allah Swt. Memakan riba pun sudah menjadi hal yang realitis dalam kehidupan manusia saat ini. Terlebih jika mengingat bahwa sistem perekonomian dunia masih dikuasai oleh sistem ribawi. Ini adalah bencana besar yang dialami oleh ummat akhir zaman ini, dan semoga kelak sistem perekonomian Islami bisa mendominasi perekonomian dunia yang terbukti rapuh dan cenderung menguntungkan pemilik modal (orang-orang kaya) saja. Pemakan riba memiliki proyeksi masa depan yang serupa dengan pemakan harta anak yatim, yaitu berada di neraka. Hanya saja, pemakan riba ini akan dibikin buncit perutnya, kemudian diinjak-injak oleh segerombolan Unta gila. Setelah isi perutnya terkuras habis, kembali Allah Swt membuncitkan perutnya dan Untaunta gila itu makin bernafsu mengeluarkan “harta riba” dari isi perut mereka. Demikian kejadian ini selalu berulang sebagai balasan atas tindakan mereka di dunia. (bersambung)

Kompeni Turut Bantu Jaga Kampung Manyar SEMUA mendengarkan. Dan efek dari kemenangan ini cukup besar. Warga yang semula takut, akhirnya memberanikan diri ambil peran. Maka, pembicaraan di masjid itu melebar soal jadwal jaga kampung malam hari. Mereka memusyawarahkan dengan bersemangat. Dul lah tersenyum, dan memilih beranjak di pojokan. Dullah tertidur karena kelehan. Warga Kampung Manyar memang akhirnya bisa merumuskan jadwal penjagaan kampung. Maka, mulai esok malam, beberapa warga kampung Manyar mulai berjaga di setiap sudut kampung. Selain membawa senjata, mereka juga membawa kentongan, yang dibunyikan menjadi alunan musik yang nyaman sebagai pengiring tidur. Bahkan, pihak kompeni Belanda yang tangsinya berada di sekitaran Ngagel juga respek atas prakarsa jaga kampung ini.

Beberapa tentara kompeni diikutkan berjaga di kampung ini. Warga Manyar menerima saja. Bahkan, kompeni kuga dijamu kopi, agar tidak mengantuk saat berjaga. Adanya inisiatif jaga kampung ini, menjadikan gerombolan Begal Celeng Bajul marah. Beberapa anggotanya, yang rumahnya di Manyar, memilih tidak pulang. Mereka lebih memilih tinggal di markas gerombolan ini, di kawasan Ndelik. "Kurang ajar benar orang renta itu! Sekarang malah ada jaga malam. Juga dibantu kompeni Belanda. Bukankah kita ini yang temannya kompeni Belanda? Kok malahan mereka yang dikasih tentara. Bagaima-

na ini Mbah Nyoto?" tanya satu anggota begal. "Aku juga masih memikirkan caranya. Aku dibuat marah besar kepada orang bangsat itu. Buaya kesayanganku dibunuh begitu saja di hadapanku! Tunggu pembalasanku!" geram Ki Nyoto. Kalau sudah menyangkut tewasnya buaya piaraan Ki Nyoto ini, tidak ada satu pun anggota begal yang berani bicara. Mereka tahu, bagaimana kemarahan Ki Nyoto atas tewasnya sang hewan piaraan. Yang menjadikan anggota begal Celeng Bajul ini heran, yang mereka tahu, pemimpin mereka, Ki Nyoto, mempunyai ilmu tingkat tinggi. (bersambung)

PROPERTI PERLENGKAPAN RUMAH

JUAL RUMAH DIJUAL RUMAH Jl. Asem 5/17-19 SHM, Lt.542 m2, Full Bangunan 3,5 m, 2 Lt Belakang, 7 KT, 4 KM, Garasi. Hub: 0315314465 up*26/3-26/4/14

JUAL CEPAT BUTUH UANG Rumah 4KT, 3KM, Griya Permata GedanganE-3/25, Lt.90, 1,5 Lt, Garasi, Hrg 380 Jt Nego Hub: 03170649474, 08123143174 up*25/3-25/4/14

SOFT OPENING : Kredit Rumah Tanpa Ditolak Griya Tambakrejo Indah, Harga 190 Jt, DP Bisa Dicicil. Hub: 031-34996669 hw*25/3-25/4/14

up*4/3-3/4/14

fn*18/3-19/4/14

fn*5/3-4/4/14

fn*25/3-25/4/14

JUAL RUMAH Uk.5x13 (Luas Tanah 65 m2) Harga 140 Juta Nego, Siap Huni. Sambibulu RT.2 RW.1 Taman Sepanjang Hub: 03179592121, 085648313803 fn*15/3-14/4/14

JUAL RUMAH Uk.5,5x16 SHM, Harga 160 Jt, Jl.Aloha Sidoarjo Hub: 085731123497

PEMBUATAN ALMINI, Rolling Door, Pintu Kasa, Harga Ekonomis, Hubungi: 03177257752, 031-7522595 Wisma Lidah Kulon Komplek Ruko 8 No.3

up*11/3-10/4/14

DIJUAL RUMAH Puri Safira D7/31 Surabaya Barat. 250 Jt Bisa Lanjut Angsuran. Hub: 081939300734

hw*22/3-22/4/14

JASA PLITUR, MILAMIC, CAT DUCO, utk Pintu, Kusen, Pagar, Harmonica, Kitchen Set Segala Macam Mebel Hub: 03170500161, 031-81020188

up*25/2-26/3/14

JUAL TANAH

hw*18/3-17/4/14

JUAL RUMAH GRIYA KEBRAON BARAT Lt./Lb: 88/88, SHM, Selatan Renof, 3KT, 1KM, Carport, 540 Jt Nego. Hub: 031-77711009 up*11/3-10/4/14 fn*17/3-16/4/13

up*7/3-7/4/14

up*18/3-17/4/14

BUTUH UANG CEPAT !! Jual Rumah L.97m2, Uk.7,5x13, 3 KT, 1 KM, Harga 365 Juta, Jl.Kedurus 3 Gg Pilang Indah No.21 Sby Barat Hub: 031-70051919 fn*5/3-4/4/14

JUAL RUMAH Perum Taman Pinang F1/ 20 Sda, L.300 m2, Uk.15x20, 1,5 Lt, 6 KT, 4 Km SHM, Bisa KPR Harga 1,4 M Hub: 03170626323

MURAH Tanah Kavling Sidowungu Menganti Uk.7x12 Harga 30 Jt, Terbatas, Lok Tepi Jalan Hub: 031-91957574, 70172322 up*8/3-7/4/14

fn*5/3-4/4/14

hw*6/3-5/4/14

up*21/3-21/4/14

JUAL CEPAT RUMAH Dukuh Kramat 24/2 Kav.Baru Wiyung, Uk.8,5x12, 2 Lt, 3 KT, 2 KM, Garasi 4 Mbl, PDAM, Listrik 900 W, Jl. Lebar, Harga 850 Jt Nego. Hub: 082230140490, 031-70689950

DIJUAL RUMAH Type 27 Bangunan Baru (Ada 6 Unit) Harga 90 Juta Lokasi Dusun Doko Ngoresrejo Sukodono. Segera Hubungi: 031-72427171, 085733248871

up*27/2-28/3/14

fn*17/3-16/4/14

fn*20/3-20/4/14

hw*20/3-20/4/14


HARIAN BANGSA

Paulo Oktavianus Sitanggang

Pemain Timnas U-19 Ujian Sekolah Susulan JEMBER-Bintang Tim Nasional Indonesia U-19, Paulo Oktavianus Sitanggang mengikuti ujian susulan sekolah di Kabupaten Jember. Dia harus mengerjakan 14 mata pelajaran pada Senin kemarin. Seperti diketahui, Paulo mendapat izin kembali ke Jember dari pelatih Indra Sjafri, menyusul selesainya Tur Nusantara. Paulo sebenarnya kelahiran Medan, Sumatera Utara. Namun selama ini ia memperkuat klub sepak bola Jember United yang berkompetisi di Divisi I. Saat ini, Paulo sudah ada di Jogjakarta untuk berlatih lagi dengan timnas. Saat di Jember, dia sempat berlatih bersama kawan-kawannya sesama pemain Jember United d i Lapangan Brigif. (jbr/lan)

kondisi pelabuhan sepi dan tidak ada aktivitas. Ahmad Salim, salah satu nelayan mengatakan, sudah empat hari berhenti melaut akibat cuaca buruk. Saat ini tak ada aktivitas yang bisa dilakukannya, selain hanya melakukan aktivitas ringan dipinggir pantai. “Kami kebanyakan mengisi waktu luang dengan memperbaiki mesin perahu dan juga alat tangkap ikan,” ujarnya. Menurutnya, selain mengisi waktu luang dengan memperbaiki perahu, juga beberapa teman-temannya ada yang mengisi aktivitas lain dengan memancing ikan di pinggiran pantai. Tidak hanya nelayan dengan perahu kecil yang memilih berhenti melaut, namun nelayan kapalkapal besar jenis selerek juga terpaksa disandarkan. Ahmad Salim berharap, cuaca kembali membaik agar mereka dapat segera melakukan aktivitas seperti biasanya.(bwi-1/lan)

Identitas Mayat Bertindik belum Terungkap JEMBER-Identitas mayat dengan tindik di telinga yang ditemukan seorang pemulung di wilayah Desa Mojosari, Kecamatan Puger, Senin (24/3) sore, belum terungkap. "Ada luka robek di bagian kepala dan ada tanda kekerasan di bagian tubuhnya," kata Kepala Urusan Pembinaan dan Operasional Satuan Reserse dan Kriminal Polres Jember, Inspektur Satu Suhartanto, Selasa (25/3). Mayat pria tersebut memakai anting-anting di telinga kiri. Pak Endut, salah satu warga sekitar, mengatakan, sempat ada tiga pengamen melintasi daerah sana. Masih perlu pendalaman, apakah mayat tersebut adalah salah satu dari pengamen itu. "Kami sudah menyebarkan foto korban dan minta bantuan polisi sektor. Kalau ada anggota masyarakat mengenalnya, harap menghubungi kantor polisi," kata Suhartanto. Penemuan mayat juga terjadi di Kecamatan Gumukmas. Namun polisi menemukan tak ada tanda kekerasan atas mayat berusia lanjut itu. Kemungkinan mayat itu meninggal karena sakit. (jbr/yud/lan)

Nyaleg, 2 Pegawai Unej Tak Terima Gaji JEMBER-Lantaran maju sebagai calon anggota legislatif (Caleg), dua pegawai Universitas Jember (Unej) tidak lagi menerima gaji dari tempatnya bekerja. Pihak Unej sendiri mengakui, menghentikan pembayaran gaji untuk dua pegawai yang mencalonkan diri menjadi legislator. Dua caleg tersebut adalah Fatahillah yang mencalonkan diri menjadi anggota DPRD Jatim melalui PKPI dan Harun Al Rasyid yang mencalonkan diri menjadi anggota DPR RI melalui Partai Golkar. Berkas Fatahillah dan Harun sudah dikirim ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. "Unej mengirimkan surat permohonan pemberhentian pembayaran gaji per 1 Maret 2014," kata Kepala Humas dan Protokoler Unej, Agung Purwanto. Fatahillah juga dicopot dari jabatan Kepala Tata Usaha Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Sementara Harun sudah tidak mengajar lagi di fakultas tersebut. Agung menambahkan, mengenai pemberhentian dua orang itu dari pegawai negeri sipil (PNS) merupakan kewenangan pemerintah pusat. Unej hanya berwenang mengusulkan sesuai undang-undang kepegawaian yang melarang PNS menjadi anggota partai politik. "Sedikit yang saya ketahui dari hasil pemeriksaan, Pak Fatahillah sudah mengajukan pensiun dini, Pak Harun sudah mengajukan pengunduran diri dari PNS. Surat itu diserahkan ke dekanat," kata Agung. (jbr/yud/lan)

Banyuwangi Bangun 325 Titik Saluran Irigasi BANYUWANGI-Pemkab Banyuwangi gencar membangun saluran irigasi di berbagai wilayah dalam memenuhi ketersediaan sumber daya air untuk mendukung peningkatan kinerja sektor pertanian. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, selama tahun 2013, pihaknya telah membangun saluran irigasi di 325 titik, terdiri dari saluran primer sepanjang 7.000 meter, saluran sekunder 17.095 meter dan tersier 40.035 meter. "Pembangunan saluran irigasi itu merupakan kelanjutan dari tahun sebelumnya yang mencapai 500 titik irigasi," katanya. Selain saluran irigasi, lanjut bupati, Pemkab Banyuwangi juga sedang membangun Waduk Bajulmati yang diproyeksikan bisa mendukung intensifikasi dan ekstensifikasi lahan pertanian seluas 180 hektare. "Tantangan konversi lahan pertanian sangat luar biasa. Kami harus bekerja keras menjaga lahan pertanian dengan sejumlah regulasi, termasuk zonasi, lahan abadi dan aturan ketat untuk pengembangan sektor properti," ujarnya. Untuk lahan abadi pertanian, Pemkab Banyuwangi telah menyiapkan areal dengan luas sekitar 70.000 hektare yang tidak boleh diganggu gugat. (jat/bwi/lan)

Kapal-kapal nelayan yang disandarkan di pelabuhan karena tidak bisa melaut akibat cuaca buruk. foto: fransiscus wawan/HARIAN BANGSA

Mantan Ketua Dewan Penuhi Syarat Pencalegan Bondowoso-HARIAN BANGSA Komisi Pemil ihan Umum menyatakan tidak ada masalah dengan persyaratan administrasi salah seorang Calon Anggota Legislatif (Caleg) dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), atas nama H. Ahmad Dhafir. Sebab, Panwaskab Bondowoso sudah menyatakan yang bersangkutan memenuhi syarat (MS). "Kami sudah dapat surat tembusan dari Panwaskab Bondowoso bahwa H. Ahmad Dhafir sudah MS atau memenuhi syarat," ujar Hadi Esmanto, Ketua KPU Bondowoso kepada sejumlah wartawan, Selasa (24/3). Menurut Hadi, dengan rekomendasi dari Panwas tersebut maka polemik tentang adanya dugaan

ijazah palsu yang digunakan H. Ahmad Dhafir untuk maju sebagai Caleg sudah dinyatakan selesai. "Kalaupun nanti masih ada masalah lain, itu sudah bukan domain kami. Karena KPU hanya memverifikasi untuk syarat pencalegan, dan itu sudah selesai," terang Hadi. Sebelumnya, Panwaskab Bondowoso bersurat ke Bawaslu Provinsi No 226/Panwaslu/ Bwso/III/2014 yang kemudian ditembuskan ke KPU Bondowoso. Dalam surat bertanggal 15 Maret 2014 itu d isebutkan bahwa persyaratan administrasi mantan Ketua DPRD setempat itu dinyatakan sudah memenuhi syarat sebagai caleg. Sebelumnya, Bawaslu mene-

Manajemen Persid Didominasi Suporter

rima laporan tentang seorang caleg DPRD Kabupaten Bondowoso daerah pemilihan V dari PKB yang juga mantan Ketua DPRD H. Ahmad Dhafir. Dia diduga menggunakan ijazah palsu. Atas pengaduan itu Bawaslu lantas memerintahkan Panwaskab untuk mengklarifikasi. Selanjutnya Panwaskab meminta salinan syarat administrasi caleg tersebut ke KPU, yang kemudian dilakukan verifikasi ulang. Panwaskab kemudian memverifikasi dan mengklarifikasi lewat lembaga atau sekolah dan instansi yang menaungi. Dari hasil verifikasi itulah kemudian disimpulkan bahwa H. Ahmad Dhafir dinyatakan memenuhi syarat sebagai Caleg dari PKB. (gik/lan)

Jember-HARIAN BANGSA Manajemen klub sepak bola Divisi Utama asal Kabupaten Jember, Persid, didominasi perwakilan kelompok suporter Berni (Jember Brani). Manajer dijabat Septafani Rahmansyah, yang selama ini menduduki Divisi Usaha dan Bisnis Berni. Asisten manajer dijabat Ketua Umum Berni, Agus Rizki. Sekretaris dijabat Syamsuri, bendahara adalah Syaiful Hadi, dan Humas dijabat Wardoyo Ahmad. Pembina Berni dan pendiri Yayasan Per-

Panwaslu Panggil KPP Demokrat Lumajang-HARIAN BANGSA Ketua Pemenangan Pemilu (KPP) Partai Demokrat Kabupaten Lumajang Drs Nawawi Yasid MSi memenuhi panggilan Pengawas Pemilu Kabupaten Lumajang, Selasa (25/3). Didampingi 3 rekannya, Drs. Nawawi Yasid MSi diperiksa Panwaskab terkait dugaan mobilisasi 11 Kepala Desa dalam kampanye tertutup di dua tempat yakni di Kecamatan Rowokangkung dan Senduro. Ketua KPP Partai Demokrat itu dilontari 27 pertanyaan terkait dengan pelanggaran tersebut. "Kami kesini cuma diklarifikasi terkait kehadiran kepala desa dalam acara kampanye tertutup Partai Demokrat," katanya. Menurut informasi Panwas Kecamatan Rowokangkung, kehadiran kepala desa di acara kampanye dialog Partai Demokrat lantaran mereka diundang untuk hadir. Namun, Drs Nawawi Yasid MSi berkilah, pihaknya tidak pernah mengundang para kades. Mereka datang sendiri karena ingin tahu Visi dan Misi Calon Wakil Rakyat. "Mereka hadir sendiri tidak ada undangan. Mereka cuma iingin tahu bagaimana program para calon

imron/HARIAN BANGSA

sid Jember, Miftahul Ulum berharap Manajemen Persid didukung petinggi daerah. "Saya pesimistis kalau mereka berjalan sendiri tanpa support dari petinggi daerah," katanya. Ulum mengatakan tidak meremehkan potensi suporter. "Tapi kalau tidak dibantu potensi lainnya di Jember, ya jangan terlalu berharap Persid naik kasta. Bertahan saja sulit," katanya. Ulum mengingatkan, Persid pada kompetisi Divisi Utama 2014 tidak bisa lagi berharap pada situasi nonteknis. Kompetisi mu-

sim lalu Persid menduduki juru kunci grup, tapi tidak terdegradasi karena kondisi belum normal pasca dualisme kompetisi. Manajemen Persid, lanjut Ulum, harus berkomunikasi dengan PSSI dan Bupati MZA Djalal. Jika Bupati Djalal mau membantu dan ikut urun rembuk untuk membesarkan Persid, semua potensi Jember bisa dimanfaatkan. Ketua Umum Persid Sunardi jauh-jauh hari sudah menargetkan manajemen untuk bertahan di Divisi Utama. Ia tak ingin Persid turun kasta ke Divisi 1. (jbr/lan)

KPU Siapkan Logistik Pemilu Khusus Tuna Netra Banyuwangi-HARIAN BANGSA Para penyandang tuna netra tidak perlu khawatir dengan pelaksanaan Pemil ihan Umum (Pemilu) 2014. Pasalnya, KPUD Banyuwangi sudah menyiapkan logistik khusus bagi mereka. Dan kemarin, kelengkatan logistik untuk untuk pemilih tuna netra (Template) sudah datang dan siap didistribusikan ke masing-masing PPK se Kabupaten Banyuwangi. Ketua Pokja DPT KPUD Banyuwangi, Atim Hariyadi,Spd,MM menjelaskan, surat suara yang memerlukan alat bantu untuk pemilih tuna netra ini khusus untuk surat suara DPD. Se-

Ketua Pokja DPT KPUD Banyuwangi, Atim Hariyadi Spd MM sedang memeriksa alat bantu surat suara untuk pemilih tuna netra (template) yang datang di KPUD Banyuwangi. foto: fransiscus wawan/HARIAN BANGSA

dangkan untuk surat suara DPRD Kabupaten, DPRD Propinsi dan DPR RI, tidak memerlukan template. “Jumlahnya sudah mencukupi untuk semua TPS yang ada di Kabupaten Banyuwangi. Dimana nantinya satu template untuk 1 TPS,” ujar Atim Atim juga menjelaskan logistik untuk Pileg sudah mulai berdatangan. Bahkan logistik yang berupa formulir C hingga D sudah datang sejak Minggu 23 Maret 2014. Namun sebagian formulir C6 yakni formulir untuk pemanggilan pemilih yang terdaftar di DPT baru sebagian yang datang. Namun bisa di-

RUPA-RUPA

RUPA-RUPA MINUMAN

fn*9/3-8/4/13 up*19/3-19/4/14

AQUADEES MURAH BERKUALITAS Harga 13jt, 16jt, 23, 30, 39jt sd 99jt ATAU KERJASAMA TANPA BELI ALATJAMINAN Jaminan Bahan Baku Air Prigen dg Sumber & Mobil Tanki Sdri. Hub. Komp Ruko Cipta Menanggal 58 Sby Telp. 031-8295355, 77770776, 0817300776, 081232379770 fn*1/3-30/3/14

SINA WATER FILTER Sedia Alat Penjernih Air utk atasi air kotor, keruh, bau, warna pada air sumber/pam. Garansi Tabung 5 Th, Garansi Media 1 Th. Harga Terjangkau. Hub. 031-71249578, 7874951 hw*1/3-30/3/14

anggota dewan," akunya. Mengenai tud ingan para Kades diberi kaos partai, Drs. Nawawi Yasid, M.Si mengatakan, kehad iran para Kades hanya sebagai tokoh Masyarakat setempat bukan simpatisan partai ataupun kader Demokrat. "Mereka pakai baju biasa, tidak ada idetitas pakai kaos Demokrat, kaos itu diberikan untuk kader, mereka terpisah, mereka datang sebagai tokoh masyarat," tambahnya. Sementara Anggota Panitia Pengawas Kabupaten Lumajang, Hisbul lah Huda, SH mengatakan, pemanggilan Ketua KPP Partai Demokrat hanya mengklarifikasi hasil laporan Panwascam. "Menindaklanjuti hasil temuan Panwascam setempat, kami mengklarifikasi hasil temuan tersebut, jika terbukti maka akan ditindak," ucapnya. Dia menjelaskan, dari hasil penemuan Panwascam, ada dugaan mobil isasi kades di acara kampanye Partai Demokrat. Jika itu benar, kata Hisbullah, telah melanggar UU no 8 tahun 2012 Pasal 86 ayat 2 huruf g, yaitu kegiatan kampaye Pemilu dilarang mengikutsertakan kepala desa. (lmj-1/lan)

KPP Partai Demokrat Kabupaten Lumajang, Drs Nawawi Yasid MSi saat diperiksa Pengawas Pemilu Kabupaten Lumajang. foto:

RUPA-RUPA

fn*6/3-5/4/14

8

Mobilisasi Kades saat Kampanye

Cuaca Buruk, Nelayan Muncar Tak Melaut Banyuwangi-HARIAN BANGSA Lantaran cuaca buruk yang berlangsung beberapa hari terakhir, ratusan nelayan Pantai Muncar, Banyuwangi memilih tidak melaut. Para nelayan pun memarkir perahu mereka di pelabuhan, lantaran kondisi cuaca yang berbahaya untuk mencari ikan, kemarin (25/3). Para nelayan sengaja memarkir perahu mereka, karena cuaca laut yang tidak menentu. Para nelayan rata-rata mengaku angin kencang yang terjadi di tengah laut mengganggu aktivitas, karena dirasakan oleh meraka cukup berbahaya untuk mencari ikan. Menurut beberapa nelayan, angin kencang tidak hanya terjadi di tengah laut, namun di pinggir pantai juga mengalami hal yang sama. Sehingga beberapa perahu nelayan yang diparkir mengalami rusak, terkena hempasan ombak pantai yang cukup tinggi. Hal tersebut membuat

RABU, 26 MARET 2014

fn*10/3-9/4/13

up*26/2-27/3/14

JUAL ANYAMAN WEBBING ROTAN Spesialis Anyaman Antik Harga: Webbing Clos 3mm 38.000/m2, Webbing Clos Sendit 3mm 61.000/m2, Webbing Clos FOC 3mm 41.000/m2, Webbing Square 2,5mm 35.500/ m2, Webbing Open 2,5mm 60.000/m2, Anyaman 33 2,5mm 66.000/m2 Hub. Pak Yanto Telp. 031-70950008, 081332208448 hw*19/3-19/4/14

up*20/3-20/4/14

BASMI / ANTI RAYAP Hub. MTA PEST Telpon. 031-71121675, 91640803, 08123250626 hw*25/2-26/3/14

AHLI GIGI

MAKANAN Dibuka, Mie Ayam Kaliurang (Khas Nikmatnya) Jl.Kol Sugiono (Waru), Datang utk Nikmati atau Ingin Jadi Mitra Usaha Kami, Info: Rommy, 085785762009 hw*1/3-30/3/14

“GIGI LANGSUNG JADI” Awet, Enak Dipakai Seindah Aslinya. Hub. 0318012259, 085646037676 Minggu, Hari Libur Buka !!!

BERAS ORGANIK Madura - Sehat - Murah - Enak - Pulen - Harga Promo Rp. 10 Rb / Kg Hub: Jl.Pagesangan 2 No.63 Sby Telp. 03170182870, 081231689596

hw*22/3-22/4/14

hw*12/3-11/4/14

pastikan dalam satu atau dua hari ini sudah bisa didatangkan. “Ketika kita kontak ke KPU Propinsi, terkait dengan formulir C6 yang belum datang, dari KPU Propinsi menyampaikan bahwa rekanan yang mencetak formulir C6 sudah mencetak formulir tersebut dan dapat dipastikan besok, formulir sudah siap dan dikirim ke kabupaten/kota,” ujarnya. Menurut Atim Hariyadi, untuk kelengkapan logistik pileg sudah mencapai 90% ready. Dimana nantinya pada tanggal 30 Maret 2014, semua kelengkapan logistik Pileg sudah didistribusikan ke masing-masing PPK se Kabupaten Banyuwangi. (bwi-1/lan)


9

HARIAN BANGSA

RABU, 26 MARET 2014

Belasan PNS Keluyuran Terjaring Razia STABIL. Pedagang pracangan di Pasar Tuban mengaku harga masih stabil. foto : suwandhi/HARIAN BANGSA

Jelang Pileg, Harga Sembako Stabil TUBAN- Pemilu Legislatif (pileg) 2014 yang digelar pada 9 April mendatang belum membawa dampak pada harga kebutuhan pokok atau sembako. Pantauan HARIAN BANGSA, harga di beberapa pasar Tuban cenderung stabil. Mulai harga sembako, pakaian mupun yang lainnya masih memiliki harga jual yang normal. Sutomo (54) pedagang sayuran di Pasar Baru Tuban mengatakan, harga sayur masih stabil. “Saya rasa pemilihan umum itu tidak berpengaruh apa-apa terhadap kebutuhan. Yang mempengaruhi harga sayur mayur itu kondisi alam,” ungkapnya. Menurutnya, harga sayuran cenderung stabil sedangkan harga cabai rawit hijau kisaran Rp 16 ribu per kilogramnya. Untuk harga cabai keriting Rp 12 ribu/kilogramnya. Harga bawang putih Rp 8.500,00/kilogram, dan tomat per kilogram hanya Rp 3.500,00. “Untuk harga tomat dan cabai rawit terbilang agak mahal. Namun, mahalnya harga itu bukan karena pemilu. Namun, masih karena dampak meletusnya Gunung Kelud beberapa waktu lalu karena suplai sayuran yang banyak dari Pare-Kediri. “Mungkin jika disana sudah stabil, harga sayuran juga akan stabil kembali,” tandas pedagang sayur mayur asal Kelurahan Kutorejo, Tuban tersebut. Hal senada disampaikan oleh, Anik (38) salah satu pedagang pracangan di Pasar Baru. Menurutnya, harga kebutuhan bahan pokok tidak terpengaruh. Harga beras harganya masih berkisar antara Rp 7-8.500 per kilogramnya. Gula pasir Rp 9.200,00/kilogram, dan minyak goreng kemasan Rp 12 ribu per liternya. (tbn-1/nis)

Sigit Jadi Ketua DPRD Bojonegoro BOJONEGORO- Sigit Kushariyanto kini telah resmi menduduki kursi Ketua Bojonegoro setelah politisi asal Partai Golkar ini diambil sumpah jabatan Pengganti Antar Waktu (PAW) dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Bojonegoro masa keanggotaan tahun 2009-2014, kemarin (25/3). Pengucapan sumpah jabatan bisa dilaksanakan setelah turunnya Surat Keputusan (SK) pengangkatan Sigit Kushariyanto nomor 171.412/191/011/2014 tertanggal 17 maret 2014 yang memutuskan meresmikan pengangkatan Sigit Kushariyanto sebagai pengganti antar waktu Ketua DPRD Bojonegoro menggantikan M Thal hah sisa masa jabatan tahun 2009-2014. Rapat Paripurna Istimewa DPRD yang dihadiri 26 anggota dewan dan forpimda ini, dipimpin pimpinan DPRD, Suyuti pada pukul 10.40 WIB. Dan pengambilan sumpah dilakukan oleh Ketua Pengad ilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono. "Berdasarkan keputusan Gubernur Jawa Timur tentang peresmian pengangkatan PAW, pimpinan telah mengangkat Sigit Kushariyanto sebagai pengganti antar waktu ketua DPRD sisa masa jabatan 2009-2014 terhitung mulai tanggal pengucapan sumpah,” kata Sekwan, Agus Misnanto. Dalam sambutannya, Sigit mengatakan akan melanjutkan perjuangan Ketua DPRD dalam menjalankan tugasnya kedepan dalam memimpin legislatif. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu selama ini. Sementara Wakil Bupati Bojonegoro Setyo Hartono yang mewakili bupati berharap agar disisa akhir masa jabatan ini, legislatif dengan ketua yang baru bisa menjalankan tugastugasnya secara maksimal. "Dengan ketulusan, keikhlasan segala permasalahan agar segera terselesaikan. Semoga amanah ini bisa berjalan dengan baik. Kedepan bisa memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Bojonegoro,” ujar Setyo Hartono. (bjn-1/nis)

KENA. Satpol PP Lamongan sedang merazia PNS yang keluyuran di jam kerja. foto : aries sugiarto/HARIAN BANGSA

Lamongan-HARIAN BANGSA Belasan PNS Pemkab Lamongan terjaring razia yang digelar oleh Satpol PP dan Badan Kepegawaian Daerah dan Inspektorat Lamongan, kemarin (25/3) ketika sedang keluyuran di sejumlah lokasi keramaian. Beberapa tempat yang menjadi incaran razia petugas tersebut diantaranya Pasar Sidoharjo, Pasar Baru dan Plaza Lamongan. Hasilnya, petugas mendapati seorang oknum PNS dari Dinas Pendidikan Lamongan yang sedang asyik nongkrong di warung membel i kelapa muda. Di pasar tradisional ini, Satpol PP juga menjaring 3 PNS yang keluyuran di pasar sedang asyik nongkrong di warung atau sedang asyik berbelanja. Namun, PNS yang terjaring razia ini mengaku sudah mendapatkan surat perintah tugas dari satuan kerjanya. Razia ini kemudian dilanjutkan ke beberapa tempat lain di Lamongan. Sejumlah PNS yang mengetahui ada razia melarikan diri. Kepala Satool PP Lamongan Tony Tamtama Jati melalui Kabid Pembinaan Umum dan Kesamamtaan Satpol PP Lamongan Muhammad Toha mengatakan, meski PNS yang d irazia tersebut menunjukkan surat perintah tugas dari satuan kerjanya, namun surat tersebut tidak berlaku karena yang bersangkutan ternyata keluar dari tugas yang tertera di surat. "Mereka terbukti melanggar aturan yang telah ada,” katanya. Dalam razia kali ini, Satpol PP menjaring 16 PNS yang keluyuran di berbagai titik keramaian di Lamongan. Para PNS yang terjaring ini akan diserahkan kepada satuan kerja masing-masing untuk d iberikan pembinaan agar tidak mengulangi kesalahan yang sama lagi. (ais/nis)

Mahasiswa STIKES Ditangkap Usai Pesta SS Gresik-HARIAN BANGSA Jajaran Satreskoba Polres Gresik berhasil menyergap mahasiswa dan mahasiswi dari salah satu sekolah tinggi ilmu kesehatan (STIKES) d i Mojokerto beserta 3 temannya yang hendak melanjut kan pesta shabu-shabu (SS). Para tersangka yang berhasil tertangkap yakni Nurul Qomariyah (20), Nindi Irawan (19), Syarif Hidayatullah (18) ketiganya berstatus mahasiswa. Tertangkap juga Ali Imron (24) warga Jalan Letnan Ramli (18) warga Kelurahan Sak-sak Barat Bangkalan, Wawan Agus Riyanto

(29) warga Kelurahan Gunung Sekar Sampang, dan Aksan (65) warga Jalan Raya Mojosari Kelurahan Gayaman, Kecamatan Mojoanyar Mojokerto. Penyergapan pengguna narkoba berawal dari informasi yang diterima petugas kalau beberapa oknum mahasiswa usai pesta narkoba kos-kosannya di Jabon, Mojokerto. Selain itu, ada tetangga kos yang ikut pesta narkoba itu. Selanjutnya, mereka hendak melanjutkan pesta SS sambil dugem di salah satu tempat hiburan di Surabaya. Mendapat informasi tersebut, petugas langsung bergerak cepat dengan melakukan pen-

yanggongan di Legundi Kecamatan Driyorejo. Ket ika berhenti d i salah satu mini market di Legundi, petugas yang mendapatkan informasi ciri-ciri mahasiswa yang usai pesta SS segera mencegat dan melakukan pengeledahan. "Kami menemukan SS seberat 0,9 gram, sisa dari pesta narkoba yang mereka lakukan di Mojokerto,” ujar Kasat Reskoba Polres Gresik AKP Sutopo dalam gelar perkara, kemarin (25/3). Para tersangka melanggar pasal 112 ayat 1 jo pasal 132 ayat 1 UU RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun. (sho/nis)

DITANGKAP. Pelaku pesta SS saat berada di Mapolres Gresik. foto : shopii/HARIAN BANGSA

Komisi B Gresik Bakal Urai Kontroversi SPPT PBB P2 Gresik-HARIAN BANGSA Kontroversial terkait penarikan tagihan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) Pajak Bumi Bangunan Pedesaan Perkotaan (PBB P2) membuat Komisi B DPRD Gresik menjadi terpanggil untuk mengurai benang kusut yang menjadi penyebabnya. Untuk itu, komisi yang membidangi perekonomian dan keuangan berencana menjalankan tugasnya di sela-sela kesibukan para legislator memaksimal kan musim kampanye menghadapi pemilu legislatif (pileg) 2014 dengan memanggil Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Gresik untuk klarifikasi. “Kami ingin mengetahui kronologisnya sampai muncul tagihan tunggakan SPT PBB P2 itu,” ujar Wakil Ketua Komisi B Ir Hj Siti Muafiyah, kemarin (25/3). Diakui oleh politisi dari F-PDIP tersebut, pada hearing dengan DPPKAD Gresik beberapa waktu lalu, Komisi B menerima penjelasan kalau piutang Pemkab Gresik di masyarakat mencapai Rp 118 miliar sejak pelimpahan kewenangan PBB P2 diserahkan dari pemerintah pusat ke pemerintah dae-

Ir Hj Siti Muafiyah rah. Pelimpahan tersebut sejak tahun 2011 tetapi berlaku efektif sejak tahun 2012. "Koq dibawah ada muncul tagihan tunggakan pelunasan PBB mulai tahun 1995? Apakah tunggakan itu ternasuk piutang sebesar Rp 118 miliar? Harus diklarifikasi karena meresahkan masyarakat dan banyak yang datang ke caleg untuk bertanya,” papar bendahara DPC PDIP Gresik itu. Menurutnya, permintaan maaf Bupati Gresik dengan memasang banner di berbagai sudut desa dan kota sekaligus mengambil kebijakan penghapusan tunggakan PBB P2, tidak menyelesaikan masalah secara tuntas tanpa diketahui akar

permasalahannya. Sehingga, Komisi B harus mengundang DPPKAD agar mengetahui duduk permasalahan sebenarnya. Komisi B juga belum dapat menerima kalau ada pendapat langkah menerbitkan surat tagihan tunggakan PBB P2 bagian dari verifikasi untuk mengetahui masyarakat yang menunggak. "Kalau (terbitnya tagihan SPPT PBB P2 ) itu bagian dari verifikasi, tidak dengan (metode) begitu. Banyak yang sudah bayar koq ditagih lagi. Apalagi DPPKAD punya database yang sudah menjad i tanggungjawab dan tugasnya sejak pelimpahan keweangan,” imbuh Siti. Ditambahkan, Komisi B akan

TOUR & TRAVEL

PARANORMAL

bekerja dengan maksimal melakukan tugasnya melakukan pengawasan kepada mitra kerjanya terkait dengan kontroversi munculnya tagihan tunggakan PBB P2 ke masyarakat tersebut. Karena pajak daerah rawan diselewengkan. Kalau akar permasalahan sudah diketahui dengan jelas, maka para legislator sendiri tidak kebinggungan menjawab ketika masyarakat bertanya terkait kontroversial munculnya tagihan tunggakan PBB P2 tersebut. Bahkan, dewan akan mendukung langkah Pemkab Gresik yang mengambil kebijakan penghapusan PBB P2 tersebut. Sebab, dasar hukum yanag dijadikan pijakan dalam peng-

hapusan tunggakan pelunasan PBB P2 juga diatur dalam Perda No. 7 Tahun 2011 maupun Perbup No. 35 Tahun 2011 tentang tata cara penghapusan pajak bumi dan bangunan. Hanya saja, sambung Siti, kebijakan tersebut harus didukung oleh data yang valid sesuai dengan database yang ada di DPPKAD Gresik. Sehingga kebijakan penghapusan tungakan PBB P2 tidak terkesan terburuburu dan kompensasi atas kesalahan kinerja DPPKAD Gresik yang sembrono dalam mengedarkan SPPT PBB P2 kepada sekitar 7.000 masyarakat. Padahal, masyarakat sudah lunas baik wajib pajak di pedesaan maupun perkotaan. (sho/adv/nis)

PERCETAKAN

SEDOT WC

JASA KURSUS/PENDIDIKAN

PENGOBATAN

fn*7/3-6/4/14

fn*1/3-30/3/14

JASA

“SIMPLE HARMONY SCHOOL OF MUSIC” Kursus Piano, Gitar, Akustik, Gitar Bass, Vokal, Biola, Drum, Saxophone, Keyboard, Kurikulum LCM, Jl.Pucang Anom Timur II No.33 Telp. 031-5013832, 083830149998

fn*17/3-16/4/14

hw*27/2-28/3/14 up*20/2-20/4/14

BANK fn*24/3-24/4/14

up*12/3-11/4/14

hw*27/2-28/3/14

BUTUH Penambahan Modal utk Usaha Unit Jaminan BPKB Mobil / Truck / Bus / R3. Hub. 031-72310837, 72897599, 087853557547

hw*27/2-28/3/14

up*19/3-19/4/14

hw*9/3-8/4/14

“Saatnya Beriklan di Internet” Terima Jasa Iklan Google Murah, Buktikan Order Akan Berlimpah Telp: 031-72833227, 081335640101

DANA SEGAR / TAKE OVER 2 Jt - 500 Jt Jaminan BPKB Motor / Mobil / SHM. Kedurus 30 Telp: 031-81294375, 081703162465

KEFIR SUSU FERMENTASI Sembuhkan Stroke, Diabet, Kanker, Jantung, Kolesterol, Alergi, Terbukti. Pemesanan Hub: 03170607440, 085732619070

“KASA” JASA BUAT LAPORAN PAJAK, Sistem ADM Keuangan & Privat Akuntansi / Pajak Utk Umum, Mahasiswa & Siswa (Teori / Praktek / Training) Telp. 085230477909, 0818562318, 085730101369

hw*12/3-11/4/14

hw*28/2-29/3/14

fn*2/3-1/4/14

hw*20/3-20/4/14

“ALSO PRODUCTION” Terima Ongkos Cetak 1/2 Plano Full Colour Uk.64x46, Cepat dan Murah, Juga Melayani Cetak Buku, Kalender 2014, Bulletin, Packaging, Nota, Kaos, Banner, Stiker, Poster, Cont.Form, dll. Hub. 031-70475803

BIMA SEDOT WC Limbah Lumpur Hub. 031-3291975, 08123002134 Melayani Luar Kota

hw*21/3-21/4/14

fn*22/2-23/3/14

CV MITRA SEDOT WC Hub : 8791356/ 8712042, 24 Jam. Hari Minggu & Hari Besar Tetap Buka ada Discount.!! up*26/3-26/4/14


HARIAN BANGSA

RABU, 26 MARET 2014

10

Program DBHCHT Pemkot Blitar

Dana DBHCHT untuk Beli Peralatan dan Pelatihan Menjahit Blitar-HARIAN BANGSA Langkah-langkah nyata dilakukan Pemkot Blitar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Salah satu upaya tersebut d ilakukan melalui pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT) Kota Blitar tahun 2014. Hal ini juga sebagai bentuk APBD Pro Rakyat. Dimana Pemerintah Kota Blitar tidak berhenti melakukan berbagai motivasi dan kegiatan langsung kepada masyarakat. Kali ini program itu dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan pemberian alat menjahit melalui Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Blitar di Teras Rumah Dinas Wali Kota Blitar. Jumlah peserta seba-

nyak 40 orang. Mereka berkumpul untuk mendapat kan bantuan peralatan menjahit, Selasa (25/3). Diungkapkan Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Blitar, Priyo Istanto, bantuan peralatan menjahit ini merupakan bentuk program APBD Pro Rakyat yang selama ini telah menjad i komitmen Pemerintah untuk membantu masyarakat kurang beruntung. Setelah para peserta mendapat kan latihan, mereka diberikan bantuan peralatan agar pasca pelatihan dapat langsung membuka usaha secara mandiri. Melalui program pembinaan kemampuan dan ketrampilan kerja masyarakat di lingkungan industri hasil tembakau ini, Pemkot Blitar

mengadakan pelatihan menjahit bagi sebanyak 40 orang peserta yang dibagi dalam 8 kelompok. ‘’Hal ini lebih sebagai upaya Pemerintah yang d itujukan untuk meningkat kan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi angka pengangguran yang ada d i Kota Bl itar, dengan sasaran masyarakat kurang mampu dan pencari kerja,’’ kata Priyo. Sementara itu, Wali Kota Blitar, Muhamad Samanhudi Anwar menyebut pelatihan ini sebagai bukti nyata Pemkot Blitar memberikan ilmu bagi masyarakat. ‘’Pengusaha itu harus kreatif, jujur, dan luwes. Selain itu yang perlu diperhatikan adalah jangan menarik ongkos jahit terlalu mahal. Beri tarif yang murah agar banyak pe-

Wali Kota Blitar, Muhamad Samanhudi Anwar didampingi Kepala Dinsosnaker Kota Blitar, Priyo Istanto memberikan sambutan kepada peserta Pelatihan Menjahit Program DBHCHT 2014. mesan yang datang,’’ ujar Samanhudi. Ia juga berpesan agar peralatan yang ada d imanfaat kan untuk berusaha, tidak untuk dijual.

Pelatihan menjahit sendiri telah dilaksanakan mulai tanggal 17 Februari 2014 hingga 29 Maret 2014. Diikuti sebanyak 40 orang peserta dan

dibagi menjadi 8 kelompok. Pelaksanaan pelatihan dibagi menjadi 2 tempat, yaitu di LPK Kartika Jalan Kelud dan LPK Lina Jaya jalan Simpang Sumatra. Masing-masing kelompok diberikan bantuan peralatan berupa 2 unit mesin jahit, 2 buah meja potong, 2 buah kursi kayu, serta 1 set perlengkapan menjahit dan kain katun. Perlu diketahui dari tahun ke tahun, pengelolaan DBHCHT terus dievaluasi agar semakin besar nilai manfaatnya bagi masyarakat. Program ini tetap mengacu pada peraturan perundangan yang berlaku, khususnya undang–undang nomor 39 tahun 2007 tentang perubahan atas undang–undang nomor 11 tahun 1995 tentang cukai. (tri/adv/fya)

Kinerja Direksi PDAM Buruk Mahfud MD (mantan Ketua MK), Direktur HARIAN BANGSA HM Mas'ud Adnan dan rombongan saat silaturrahim dengan Bupati Pasuruan Irsyadul Yusuf di rumah dinasnya. Foto: M Sofyan Hadi-HARIAN BANGSA

Bupati Pasuruan Ajak Kerjasama HARIAN BANGSA Pasuruan-HARIAN BANGSA Bupati Pasuruan Irsyadul Yusuf mengapresiasi informasi dan berita yang disajikan HARIAN BANGSA dan Bangsa Online selama ini. Menurutnya, ke depan kerjasama antara Pemkab Pasuruan dengan HARIAN BANGSA bisa terus dijalin secara baik. Hal itu disampaikan Irsyadul Yusuf kepada Direktur HARIAN BANGSA/Bangsa Online HM Mas’ud Adnan, saat mendampingi mantan

Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, bersilaturrahim d i rumah dinasnya, Senin sore (24/3) lalu. “Kita ingin perkembangan baik di Kabupaten Pasuruan ini bisa terekspos ke luar dengan cepat,” kata Irsyadul Selain pemkab, lanjut bupati yang juga Ketua GP Ansor NU Pasuruan itu, HARIAN BANGSA juga bisa menjadi partner bagi Ansor. Irsyadul menginginkan, anggota Ansor di Pasuruan

melek med ia. Karenanya, dia menggagas kegiatan diklat jurnalistik untuk anggota Ansor Pasuruan. “Akan bekerjasama dengan PWI, dan salah satunya dengan HARIAN BANGSA sebagai narasumber,” terangnya. “Mungkin nanti yang terbaik dari diklat ini bisa bergabung ke HARIAN BANGSA,” tambah adik Wagub Jatim, Saifullah Yusuf itu. Direktur HARIAN BANGSA/ Bangsa Online HM Mas’ud Adnan

menanggapi dengan baik ajakan kerjasama oleh Irsyadul Yufus itu, dalam hal pemberitaan kegiatankegiatan Pemkab Pasuruan, juga Ansor dan NU secara umum. “Kinerja bagus Pemkab Pasuruan harus disebarluaskan melalui media. Kalau tidak tentu tidak akan ada yang tahu bagaimana bupati dan jajarannya sudah berbuat baik untuk membangun wilayah dan mensejahterakan rakyatnya,” katanya.(fya/sal)

TNI Bersama Warga Bangun Jembatan Kediri-HARIAN BANGSA Guna memperlancar akses jalan, Pemkab Kediri bersama TNI mengadakan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) bersama masyarakat desa Kal ipang Kecamatan Grogol, Selasa (25/3). TMMD merupakan kegiatan rutin yang selalu di adakan oleh TNI dalam setiap tahunnya dengan harapan memperkuat kemanunggalan TNI-rakyat. Dengan d ibangunnya jembatan, sejumlah warga di Desa Kal ipang tidak perlu khawatir lagi saat melintas. Sebeb, sebelumnya, para warga maupun para pelajar yang hendak kesekolah selalu melewati jalur pintas, dengan menyebrang sungai yang

sangat berbahaya. Apalagi, jika hujan membuat aliran yang sangat deras. Menurut Wakil Bupat i Ked iri Masykuri, program TMMD sangat bermanfaat sekal i, disamping membangun kebersamaan dan gotong royong bangkit kembali, juga membantu meringankan warga sekitar yang jumlahnya mencapai 50 KK. “Dengan dibangunnya jembatan ini, maka akan memperpendek jarak dan agar lebih aman daripada menyebrangi sungai. Adapun untuk material bangunan, seluruhnya menjadi tanggung jawab Pemkab,” ujar Masykuri. Sementara itu, Komandan Kodim 0809 Kediri Letkol. Inf

Drs. Heriyad i, Msi mengatakan, dalam membantu masyarakat ini, pihaknya menerjunkan sekitar 100 personil per harinya yang dibantu oleh masyarakat dan Polri. Selain kegiatan fisik juga ada kegiatan nonfisik seperti pelayanan kesehatan, penyuluhan bidang pertanian, hiburan dan pemutaran film yang sudah diatur jadwalnya. “Harapan kedepannya kerjasama ini lebih ditingkatkan di masa yang datang seperti sekarang, selain itu gotong royong, kebersamaan, rasa persatuan dan kesatuan bisa dipelihara, dibina dan ditingkatkan lagi dengan kegiatan TMMD dan fasil itas yang ada betul-betul bermanfaat untuk

Sidoarjo-HARIAN BANGSA Pemkab Sidoarjo mengisyaratkan tidak akan memperpanjang atau mengangkat kembali jajaran direksi lama PDAM Delta Tirta Sidoarjo. Bupati Sidoarjo Saiful Ilah menilai, selama dua periode kinerja direksi PDAM Sidoarjo buruk, sehingga tidak mampu mengumpulkan laba signifikan. Itu disampaikan Saiful Ilah saat menerima keluhan perwakilan karyawan PDAM Sidoarjo di kantor pemkab setempat, Selasa (25/3/2014). Karyawan meminta pemkab menolak pencalonan kembali tiga direksi PDAM lama, Ditektur Utama (Dirut) H. Djajad i, Direktur Umum (Dirum), Drs. Abdul Basith Lao M. Si dan Direktur Teknik (Dirtek) Ir. Iewan Prasetya. Di PDAM, mereka sudah menjabat dua periode. Abah Ipul, sapaan akrab Saiful Ilah, menerima penjelasan karyawan PDAM tentang menurunya tingkat kehilangan air (TKA) hingga 28 persen. Se-

belumnya, TKA mencapai 40 persen. “Namun sayang sekali, meski TKA menurun laba (keuntungan) PDAM tidak pernah meningkat. Tetap sama seperti ketika dijabat direksi-direksi sebelumnya,” keluh bupati menimpali wadulan karyawan. Untuk itu, dalam pengangkatan jabatan direksi pada awal Juli nanti, Abah Ipul berharap bersama jajarannya mengangkat direksi PDAM yang mampu memimpin PDAM yang lebih baik dari pada periode sebelumnya. “Saya ingin direksi yang akan datang mampu menekan tingkat kehilangan air (TKA) dan menghasilkan laba yang banyak,” katanya. Itu diperlukan, lanjut Abah Ipul, agar PDAM mampu menyejahterakan karyawannya dan bisa mengalirkan air ke 18 kecamatan di Sidoarjo dengan lancar. Selama ini, lanjut dia, Pemkab Sidoarjo sudah memberikan modal dan menutup utang-utang PDAM hingga mil iaran rupiah. (dar/fya)

DPU Bina Marga Tambal Jalan Bulang-Simpang

Letkol inf Drs Heriyadi bersama Wakil Bupati Kediri Masykuri dan warga Saat acara potong tumpeng dimulainya kegiatan TMMD. foto : Agatha/harian bangsa rakyat serta dipel ihara dan dirawat oleh rakyat,” harap Letkol Inf Drs Heriyadi,MSi. Selain itu, pihak Kod im 0809 Kediri juga berencana

membangun rumah yang tidak layak huni sekitar 30 rumah yang d iprekdisikan akhir bulan Mei sudah rampung. (kdr-1/rif/fya)

Sidoarjo-HARIAN BANGSA Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga Sidoarjo, Ir. H. Sigit Setyawan MMT merespon kerusakan jalan Bulang-Simpang Kecamatan Prambon. Jalan berlubang itu diuruk sementara dengan sirtu (pasir dan batu). Perbaikan dengan pengurukan sirtu dilakukan untuk merespon keluhan masyarakat saat melewati jalan Bulang-Simpang sepanjang 300 meter itu karena berlubang. Kepala DPU Bina Marga Sigit Setyawan MMT mengawasi pengurukan didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pemeliharaan Jalan dan Jembatan, Yunan Khoiron S. Sos dan Kabid Pembangunan Jalan dan Jembatan, Sulaiman. "Kerusakan jalan Bulang-Sim-

Bagian Umum Sekwan akan Sulap Taman Samping Kantor Jadi Taman Asri Pasuruan-Harian Bangsa Di Tahun anggaran 2014 ini, Bagian Umum Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasuruan, akan membikin kejutan untuk menambah kesejukan, keindahan dan keasrian d i wilayah dalam Kantor DPRD Kabupaten Pasuruan. Caranya dengan menyulap taman samping Kantor DPRD Kabupaten Pasuruan menjad i Taman

Asri. Hal tersebut d iungkapkan Drs Susanto Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Kabupaten Pasuruan kepada HARIAN BANGSA. “Di tahun 2014 ini, taman samping Kantor DPRD Kabupaten Pasuruan akan dibuat lebih indah, sejuk, dan asri, dengan dibangunnya Taman Asri yaitu adanya rumput yang hijau dan segar diatas tanah, dan juga kita tanami

pohon-pohon/tanaman bunga yang indah dengan d idesain sedemikian indahnya sehingga siapa saja yang nanti akan memandang Taman Asri tersebut akan menyejukan kedua kelopak matanya,“ ucap Kabag Umum Sekretariat DPRD Kabupaten Pasuruan dengan senyuman khas-nya. (l is/ bmg/adv) Drs Susanto

pang parah karena Tahun 2013 tidak terjangkau perbaikan peningkatan. Karena anggarannya kurang. Kerusakan terjadi hanya 300 meter panjangnya. Sebelah baratnya tahun lalu juga sudah diperbaiki tambal sulam atau pemeliharaan," terang Ir. Sigit. Mantan Kepala DKP ini menambahkan bahwa pengurukan jalan ini sementara sambil menunggu perbaikan sesungguhnya. Yakni peningkatan jalan diaspal setinggi kurang lebih 20-30 cm sesuai dengan tingginya gampeng jalan. "Karena anggaran pengurukan tidak ada. Saya sampai konsultasi dengan BPKP. Karena kita takut pengurukan ini mengada-ada. Sebab bulan Mei kan sudah ada peningkatan," tegas Ir. Sigit.(dar/fya)


11

HARIAN BANGSA

RABU, 26 MARET 2014

Polda Hentikan Sengketa Tanah Ciwo Surabaya-HARIAN BANGSA Polda Jatim mengeluarkan SP3 (Surat Penghentian Penyidikan Perkara) atas kasus sengketa tanah Ciputra World (CIWO) di jalan Mayjen Sungkono Surabaya. Penghentian dilakukan karena dugaan pemalsuan akta otentik dan pemalsuan keterangan tidak cukup bukti. Kasus sengketa lahan seluas 8,5 hektar ini mulai ditangani polisi sejak ada dua laporan ke Polda Jatim, yakni laporan bernomor TBL/ 790/VII/2013/SPKT dan laporan nomor TBL/ 791/VII/2013/SPKT, tertanggal 9 Juli 2013. “Fakta penyidikan menyebutkan bahwa tidak ada cukup bukti atas perkara ini. Laporan polisi tentang dugaan pemalsuan akta otentik dan memberi keterangan palsu sebagaimana pasal 263 dan 266 KUHP seperti yang disampaikan pelapor, tidak terbukti,� jawab Kasubdit Hardabangtah Ditreskrimum Polda Jatim, AKBP Hadi Utomo. Pelapornya adalah Harijono, kuasa Zarqoni, warga Jl Menanggal, Surabaya selaku pihak yang mengaku sebagai pemilik atas tanah tersebut.

Dalam laporan itu, ada dua terlapor yakni PT WRC dan Yayasan 45. Terlapor diduga telah melakukan tindak pidana pemalsuan surat sebagaimana Pasal 263 dan, 266 KUHP. Kemudian, penyidik melakukan penelusuran atas perkara lahan yang sekarang sudah ditempati bangunan Ciputra World tersebut. Dan Hasilnya, penyidik mengaku tidak menemukan adanya pemalsuan keterangan ataupun pemalsuan akte otentik seperti yang dilaporkan tersebut. Dengan fakta yang ada maka pada 28 Februari 2014 Polda Jatim menerbitkan SP3 atas perkara ini. “Penyidik tidak menemukan adanya keterangan palsu atau pemalsuan akta otentik seperti yang disampaikan pelapor,� sambung Hadi Utomo. Disampaikan, dalam penyelidikan perkara ini, juga diketahui bahwa terlapor diketahui membeli tanah bukan dari pelapor. Dan terlapor juga memiliki kronologi lengkap atas tanah tersebut, serta bukti-bukti pendukung lain. Di sisi lain, pelapor tidak dapat menunjukkan dokumen apa yang dipalsukan. (yan/ns)

Pelaku Kepruk Kepala Ditembak Surabaya-HARIAN BANGSA Dua pelaku kekerasan kepruk kepala berhasil d itangkap anggota Polsek Sukolilo. Mereka adalah Rundiono (34) warga Jl. Ketintang Baru dan Sa'i bin Qodir (28) warga Jl. Tambak Wedi Surabaya. "Kedua pelaku perampasan motor dengan cara memukul kepala korban berhasil kita tangkap,"ujar Kapolsek Sukolilo Kompol Taufik Yulianto. Kedua pelaku mengincar bidikan motor korban kebanyakan yang mengunakan Suzuki Satria FU. Dalam melakukan aksinya kerap kali melukai korbanya, dengan memukul kepala korbannya. Kejadian terakhir pada minggu (23/3) disekitaran Jl. Klampis Semolo Surabaya, korbannya Fery Yanuar Wiguno

pelaku ke Madura melalui jembatan Suramadu. Namun belum lolos melarikan motor curian, pelaku d itangkap petugas Polsek Sukol ilo d i pintu jembatan Suramadu.

Pelaku melawan saat akan ditangkap. Tak ingin pelaku kabur, pol isi melumpuhkan kedua pelaku dengan menembak kaki mereka. Setelah pelaku tertangkap, petugas melakukan pemeriksaan. Dalam pemeriksaan motor akan dijual disekitaran Madura. Dan dari salah satu pelaku Rudiono mengaku selama melakukan aksi kepruk kepala sudah terhitung dua kali. Rudiono melakukan aksi nekatnya karena terbentur ekonomi, penghasilan selama bekerja sebagai kuli bangunan dirasa kurang. "Untuk kedua pelaku kita kenakan pasal 365, tentang pencurian yang d isertai kekerasan dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara", tambah Taufik Yulianto.(yan)

Sambil brontak, dia berkata pada orang Arab tersebut: "Hai Arab gimana di sarung ini tertulis "Dijamin Tidak Luntur", tapi setelah saya cuci sarung ini, eh.. luntur. Pokoknya saya minta d ikembal ikan uang saya," ujarnya dengan suara lantang. Dengan santai orang Arab

tersebut menjawab: "Aku kan orang Arab, kalau baca tulisan kan dari kanan ke kiri tulisan "Dijamin Tidak Luntur", aku baca "Luntur Tidak Dijamin? Gitu...Indo..,"ujar penjual sarung enteng. Sialah...!!! sambil ketawa terbahak-bahak, eh gak jadi marah. (nuo/ns)

berat yang harus segera disembuhkan. Untuk itulah presiden terpilih harus berani memposisikan dirinya untuk berperang dengan korupsi. Kata Mahfud, salah satu yang akan dilakukannya adalah pemberian hukuman hukuman

mati. Sebab, selama ini hukuman mati masih bersifat relatif dan bersyarat. "Aturan ini harus diubah, karena teroris, pembunuhan berencana hingga narkoba saja sudah dengan ancaman hukuman mati," tandasnya. (rol/ns)

kembali mendapat tawaran film horor. Atau bahkan mendapat predikat penerus ratu horor Suzanna. "The next suzanna kenapa nggak? tapi konsep setiap film horor kan memang beda. Seru aja bisa dapat banyak pengalaman," kata Shandy. "Tapi bukan berarti seumur hidup saya main film horor. Saya sebutnya ini pengalaman. Saya menikmati," sambung istri dari David Herbowo ini. "Mall Klender" adalah film yang diangkat dari kisah nyata, tentang satu mall di Jakarta Timur yang hangus dibakar massa pada kerusuhan tahun 1998. Kala itu banyak korban terbakar hiduphidup dan menimbulkan cerita

mistis hingga kini. "Mall Klender" pun mengambil lokasi syuting di mall yang masih berdiri hingga kini tersebut. "Kalau syutingnya siang sih nggak masalah. Tapi kalau malam, harus adaptasi sama udara juga," kata Shandy. Walau begitu, Shandy mengaku tidak mendapati kejadian mistis yang menimpa dirinya. Bahkan ia berkelakar sudah kebal jika harus berhadapan dengan makhluk halus. "Nggak sih (bertemu makhluk halus), malah kayaknya udah kebal. Tim art-nya malah bilang koq biasa aja. Tapi karena memang sudah biasa," ujar Shandy. (okz/kpl/ns)

boleh menerima hadiah tapi harus dilaporkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Di lingkungan hakim, lanjut dia, ada kesepakatan apabila nilai hadiah lebih dari Rp 500 ribu, maka selebihnya dimasukkan ke kas negara. "Tapi KPK seingat saya memberi batasan send iri. Setelah hakim melaporkan hadiah yang diterima KPK dan ternyata nilai hadiahnya lebih dari satu juta, maka selebihnya dimasukkan ke kas negara. Nah, satu juta ke bawah itu masuk kategori gratifikasi yang halal," jelas Jaja. Sementara itu, Humas Pengadilan Tinggi (PT) Surabaya Celine Rumansi mengaku belum menerima informasi terkait adanya empat hakim di Jatim yang d isanksi pecat karena berselingkuh. Dia hanya mengaku tahu sanksi pecat untuk hakim Vica Natalia yang bertugas d i PN Jombang. "Untuk Vica kami masih me-

nunggu sal inan putusannya dari MA (Mahkamah Agung, red)," katanya. Dia menduga, selain hakim Vica, tiga hakim lain yang dikabarkan disanksi pecat karena selingkuh masih dalam proses di KY atau MKH. Tapi dia mengaku akan mengecek informasi itu ke MA. "Cuma biasanya MA menginformasikan ke kami kalau ada hakim di wilayah Jatim yang kena sanksi," tandasnya. Untuk diketahui, di UINSA Surabaya Jaja had ir dalam rangka merancang kerjasama. Melalui Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, UINSA menggagas kerjasama dengan KY dalam bidang pengetahuan hukum. Itu dilakukan seiring untuk meningkatkan kualitas UINSA, seiring berubahnya status IAIN ke UIN. "Kerjasamanya nanti bisa berupa magang mahasiswa, penelitian dan lainnya," kata M Sahid, Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam UINSA. (sal/ns)

ngejek itu diorganisasi, demo itu diorganisasi. Saya cek yang demo kemarin-kemarin juga sama terorganisir," ujar Jokowi. Meski demikian, d ia mengaku tidak akan gentar menghadapi serangan dari kompetitornya. Sebab ini bukan untuk pertama kal inya d ia mengikuti Pemilu. Jokowi mengaku sudah banyak memakan asam garam d i pemil ihan kepala daerah. "Sekali lagi, buat saya, saya itu sudah empat kali pilkada ditekan-tekan, diserang, diejek tapi sudahlah itu makanan sehari-hari, jadi saya kemarin sudah sampaikan, diserang diejek dicemooh didemo ya sudahlah aku rapopo," kata dia. Capres PDIP ini menyerahkan semua itu kepada masyarakat. "Masyarakat kini sudah cerdas, sehingga bisa menilai mana setiap serangan dan kritikan yang benar maupun tidak. Saya juga tidak begitu mempersoal kan apabila ada masyarakat yang menolak saya sebagai capres," kata Jokowi. Mantan wal ikota Solo ini mengaku tidak akan membalas serangan itu. "Saya tidak pintar

debat, tapi kalau mau adu gagasan sih boleh," kata Jokowi. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menanggapi santai terkait demonstrasi yang akan dilakukan ratusan orang yang tergabung dalam Koalisi Masyrakat Jakarta Baru (KM-JB) untuk mengusir Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi), karena d ianggap lalai menjalankan tugasnya. Menurut Wasekjen PDIP, Hasto Kristianto, partai berlambang kepala banteng moncong putih akan tetap menghadapinya dengan senyuman. "Hadapi dengan senyum dan Kepala dingin," kata Hasto saat dihubungi di Jakarta, Selasa (25/3/2014), Hasto menilai, masa kampanye yang saat ini dilakukan merupakan bentuk pendidikan politik, bukan untuk saling jegal sehingga PDIP tetap mengedepankan politik beretika. PDIP juga tidak khawatir dengan masyarakat yang saat ini kontra dengan pencalonan Jokowi sebagai presiden, terlebih dengan adanya demo ini akan memelorotkan elektabilitas Jokowi. "Kami percaya pada mata hati rakyat," pungkasnya. (okz/rol/rmc/mtv/ns)

Kedua pelaku bersama barang bukti hasil kejahatan (24) asal Denpasar Bali. Tanpa banyak bicara, korban yang naik motor send irian langsung dikepruk kepaanya mengunakan kayu balok. Begitu korban roboh, motor dilarikan

SAMBUNGAN Suap... Sambungan dari halaman 1 Beberapa saksi yang dihadirkan hari ini adalah petinggi PKS, yakni Ketua Majelis Syuro PKS Hilmi Aminuddin, Menteri Pertanian yang juga Anggota Majelis Syuro PKS Suswono dan mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq. "Persidangan ini di waktu (masa) kampanye," ujarnya. Kendati demikian, Fathanah mengaku belum dapat memastikan seberapa besar pengaruh kasus impor daging ini terhadap elektabilitas PKS. Namun dia menegaskan, bahwa PKS tidak ada kaitannya dengan kasus ini. "PKS mungkin tidak ada kaitan, nggak tahu saya. Karena saya tidak ikutin perkembangan sekarang. Saya bukan kader, kalau saya kader saya ngerasa ditinggalin," kata Fathanah. Dalam persidangan kemarin, Ahmad Fathanah, meminta maaf kepada Direktur Utama PT

Saat Kecelakaan... Sambungan dari halaman 1 Inil h servis dasar yang diberikan Tuhan kepada semua manusia. Kemudian ada servis khusus bagi orang mukmin yang mau memanfaatkan. Yaitu servis taqarrub, berdekat-dekat kepada Allah dengan cara berdzikir atau bersuci dari hadas. Sehingga orang yang suci dari hadas, alias punya wudlu lebih berpotensi selamat dari kecelakaan atau bencana yang menimpa. Atau orang yang selalu berdzikir di kendaraan, selalu membaca shalawat dalam perjalanan, maka Tuhan lebih perhatian dan malaikat hafadhah juga menaruh simpati

Genosida... Sambungan dari halaman 1 Pendapat ini diungkapkan Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Maksum Machfoedz, yang juga Ketua Badan Halal NU (BHNU), saat d ihubungi Republ ika pada Selasa siang (25/3) melalui surat elektronik (email). "Ada pelanggaran seberat apapun, menjadi indah sekali kalau solusinya bukan genosida, apalagi ethnic cleansing, karena hal ini hanya menimbulkan balas dendam bergantian dan tanpa ujung," tegas Maksum Machfoedz. Karena itu, lanjut Maksum Machfoedz yang perlu d ibangun adalah etika kesepahaman, "the rule in use," yang harus diadopsi dalam keberagaman keberagaman. Jika tidak ada etika kesepahaman, maka singgungan sedikit saja tentang keyakinan sudah pasti meledak menjadi

Demi Anak... Sambungan dari halaman 1 "Ical masih belum ngerti, karena aku dan Papi masih satu rumah. Cuma sekarang aku tidur di kamarnya Ical, Papi di kamarnya," ungkap Yunita, Selasa (25/3). Mereka pun akan melakukan pembagian waktu hak asuh anak dengan baik. Ketika putusan pengadilan nanti keluar, keduanya sepakat menjaga anak semata wayang mereka, Ical. "Kami sudah sepakat Ical akan ikut aku. Kita enggak ribut hak asuh anak, kami sepakat jika Ical yang terbaik sama aku.

Indoguna Utama, Maria Elisabeth Liman, terkait kasus pengurusan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian (Kementan). Fathanah melontarkan permintaan maaf tersebut sebagai jawaban atas tuduhan dirinya menipu Maria. "Ya minta maaf saja, ya bu ya," kata Fathanah. Fathanah mengaku sengaja menjual nama Lut hfi dan Menteri Pertanian (Mentan), Suswono, terkait penambahan kuota impor daging sapi. Tujuannya, kata Fathanah, untuk kepentingan pribadi dengan mendapat uang Rp1,3 miliar dari PT Indoguna Utama. "Saya minta duit saya Ibu Elda itu. Saya menjual nama ustatd Luthfi. Akhirnya dikasih Rp1 miliar. Saya terus datang ke Indoguna ambil duit. Tapi bukan sama Ibu Elda (ambilnya), sama Pak Juard dan Arya dan satu lagi saya enggak tahu," ujar Fathanah menegaskan. Menurut Fathanah, uang Rp1,3 mil iar itu d igunakan

untuk membayar biaya interior rumah sebesar Rp550 juta dan cicilan mobil sebesar Rp250 juta. "Jadi uang itu untuk saya. Untuk saya pribadi. Ibu (Maria) kan banyak duitnya mungkin pak. Jadi saya meminta uang itu menjual nama ustad Luthfi. Itu tidak pernah ada perintah ustad. Berarti itu kan untuk saya pribadi," ucap Fathanah. Mendengar pernyataan itu, Maria menud ing Fat hanah sebagai penipu. Lantaran telah meminta uang dengan menjual nama Luthfi. "Berarti anda penipu dong?" kata Maria sambil menunjuk Fathanah. Lepas Jilbab Terdakwa kasus impor daging sapi Ahmad Fathanah ikhlas istirnya, Sefti Sanustika, lepas jilbab. Fathanah bercerita Sefti meminta izin lepas jilbab satu bulan lalu. Kemudian ia menasehati istrinya untuk salat minta petunjuk. "Sudah satu bulan sebelumnya udah minta izin. Saya bilang

kamu istiharah (minta petunjuk) dulu," kata Fathanah. Ia juga sempat bertanya kepada istrinya, apakah melepas jilbab bisa membuat nyaman untuk bekerja sebagai seorang penyanyi. "Kamu (Sefti) nyaman enggak nyanyi. Yang nyaman-nyamannya kamu saja saya ikhlas," beber Fathanah. Keikhlasan Fathanah itu lantaran d irinya sedang mendekam di rumah tahanan tidak lagi bisa memberikan nafkah materi sebagai seorang suami. Dia pun merasa kasihan dengan keadaan istrinya yang harus menafkasi keluarganya. "Saya ridho, saya ikhlas. Dan dia tulang punggung. Mana bisa saya beri nafkah kasihan dia, anakku perlu beri susu, anakku perlu makan. Sefty tulang punggung bapak ibunya harta kami disita semua," ucapnya lirih. Sefti d iketahui tidak lagi mengenakan jilbab saat datang ke kantor KPK untuk menjenguk Fathanah pada Kamis 20 Maret 2014. (okz/rol/rmc/mtv/ns)

sehingga berkenan menjaga secara sukarela. Tidak sama dengan orang yang tidak berzikir atau tidak bersuci, maka para malaikat juga kurang simpati dan bahkan menjauh tanpa peduli. Maka, selain soal tehnis, humam error atau apa, bahwa orang yang berdzikir dan bersuci lebih dijamin aman ketimbang orang yang tidak berdzikir dan tidak pula bersuci. Begitu halnya orang yang kesurupan atau terkena jin. Dunia medik tidak mengenal istilah kesurupan atau terganggu jin. Mereka lebih konsentrasi pada kondisi syaraf yang tidak nommal, kejiwaan yang tidak stabil, kesehatan yang drop dan lain-lain. Jika kita meyakini dunia mejik, bahwa

seseorang bisa kerasukan jin, maka itu artinya dia sedang terlepas dari penjagaan malaikat. Si kesurupan tadi pasti sedang kosong, bengong, mungkin stress karena mendapat tekanan kejiwaan yang berat dan tidak mau berdzikir, tidak mau bersandar d iri kepada Allah SWT. Saat rawan itulah, Syetan cepat-cepat masuk dan menggangu. Orang yang hatinya penuh dzikir, penuh bacaan ayat-ayat al-Qur'an pasti tidak bisa disinggahi jin. Jin yang cenderung batil pasti tak bisa bertemu dengan aura Al lah yang al-Haqq. Jadi, bila ada orang kesurupan jin, itu pasti hatinya sedang kosong tanpa ada aura Tuhan yang signifikan. Untuk itu, pengusiran jin yang

diduga bersarang di dalam jiwa manusia sangat mudah, cukup dibacakan ayat-ayat suci seperti yang d iajarkan nabi. Lebih ampuh lagi jika yang bersangkutan sendiri yag membaca. Sama dengan rumah angker, banyak jin dan lain-lain. Hanya satu obatnya, aktif dibacakan ayat-ayat suci al-Qur'an, ramaikan dengan kegiatan ibadah dan beri penerangan lampu yang kuat. Tentu saja, jin tidak begitu saja menyerah, pasti melakuan perlawanan, karena pindah tempat itu juga tidak mengenakkan bagi mereka. Ya, semelawan apapun mereka, pasti bisa dikalahkan dengan bacaan-bacaan suci. Sesuatu yang haqq pasti menang dan meluluhknan yang bathil. Itu keputusan Tuhan.

"col lective violence". Maka rusaklah kedamaian bertetangga (peaceful coexistence) dan akan berlangsung terus-menerus. "Walaupun kasus ini sudah campur aduk antara kepentingan agama, pol it ik dan ekonomi, yang diiringi pula rivalitas teramat keras, maka tidak seharusnya polemik multidimensi ini diselesaikan dengan "genocide," pembunuhan kolektif, "ethnic cleansing," dan sejenisnya," jelas Maksum Machfoedz. Sejak NU berdiri lebih dari 85 tahun yang lalu, NU telah mempromosikan perdamaian inter dan antar ummat beragama. Melalui keyakinannya atas HAM, papar Maksum Machfoedz, terdapat lima hak yang harus dilindungi dan sejak dahulu diperjuangkan oleh NU. Terdapat lima hak esensial yang harus diperjuangkan dan dilindungi, yaitu: Hak Keberagamaan, Keselamatan Jiwa, Berpikir, Berpendapat, dan atas Hak Privat lain yang non-

diskriminatif. "5 hak esensial ini harus dilindungi dengan mengedepankan toleransi dan kesepahaman atas perbedaan apapun. Apapun!," tegas Maksum Machfoedz fengan nada serius. Sehingga bagi NU, ungkap Maksum Machfoedz, teror dan kekerasan apapun tidak bisa dilawan dengan kekerasan lainnya. Apalagi sekedar pemikiran berbeda atau aliran keyakinan. Prinsip NU Seabad lalu, tutur Maksum Machfoedz, para kyai prihatin dengan dua jenis penjajahan besar, yaitu: 1. Penjajahan Kebangsaan yang dilakukan oleh Belanda biadab, dan 2. Penjajahan keberagamaan yang melecehkan agama para leluhur melalui tabd i' dan takfir: Pembid'ahan dan pengkufuran ubudiyah para kyai NU. NU pun protes keras, ujar Maksum Machfoedz, untuk melawan dua kolonialisasi itu melalui kegiatan pemikiran,

perjuangan dan diplomatik yang dilakukan dengan konsolidasi para kyai. Alasan konsolidatif itulah, papar Maksum Machfoedz, yang menyebabkan para kyai mendirikan NU pada 31 Januari 1926, untuk melawan dua jenis penjajahan besar itu. Sukses besar d iplomasi global waktu itu, lanjut Maksum Machfoedz, dilakukan oleh KH. Abdul Wahab Hasbul lah melalui upaya negosiasi ke Raja Saudi Arabia. Konon sang raja sudah bergerak ingin memberangus seluruh ajaran yang berbeda dengan Wahabi dan akan menghancurkan makam Rasulullah SAW. Sukses d iplomatik pal ing hebat dalam sejarah Islam modern, pungkas Maksum Machfoedz, telah diukir oleh KH. Abdul Wahab Hasbullah dengan diterimanya gagasan NU oleh sang raja dan makam Rasulul lah SAW pun masih tegak sampai hari ini dan Itu berkat NU. (rol/ns)

Tapi kalau Papi libur, kita tetap bisa," tandasnya. Kuasa hukum Daus, Yanuar Saputra, menjelaskan alasan komedian bertubuh mungil itu menceraikan istrinya, Yunita. "Secara garis besar sudah tidak ada lagi kecocokan di antara mereka," kata Yanuar. Namun, saat ditanya lebih detail tentang alasan keduanya bercerai, Yanuar enggan menjelaskan. Yanuar mengungkapkan, keduanya akan menggelar jumpa pers untuk meluruskan isu yang berkembang. "Untuk jelasnya nanti nunggu keduanya bicara. Mereka akan jumpa pers. Untuk saat ini, saya selaku kuasa hukum hanya bisa

membenarkan, jika Daus Mini memasukkan gugat cerai pada 20 Maret 2014," imbuhnya. Daus Mini menikahi Yunita pada 17 Juli 2011. Dari pernikahan itu, hadir Ivander Haykal Firdaus lahir pada 2 Januari 2012. Rumah tangga mereka sempat d ipanaskan dengan kehad iran seorang wanita bernama Merry Amril. Namun, kal i ini Yunita membantah rumah tangganya retak karena kehadiran orang ketiga. Bagaimana komentar Yunita, istri Daus? Dia mengakui perceraian masih dalam proses, namun hubungan mereka tetap baik-baik. "Masih seperti biasa, po-

koknya lebih seperti saudara, semua demi Ical. Kita tinggalin ego masing-masing. Masa ribut-ribut kita sudah lewat. Emang aku sama papi pun komunikasinya masih baik," ungkap Yunita. Yunita dan Daus pun masih tinggal serumah saat ini. Ketika sudah ditetapkan oleh pengadilan, Yunita akan angkat kaki dari rumah pelawak bertubuh mungil itu. "Nanti kemungkinan aku yang pergi. Aku juga sadar, meskipun di rumah ini ada sebagian hak aku tapi aku paham papi lebih berhak. Semua ini dibangun atas hasil keringat papi," lanjutnya. (okz/kpl/ns)

Cara Membaca... Sambungan dari halaman 1 Si pembel i berkata: "Arab brengsek....!, kurang asem, kurang garam, kurang ajar, kurang-kurang....,"umpat si pembeli. Setelah itu dia bergegas mengembalikan sarung tersebut.

Jadi Presiden... Sambungan dari halaman 1 Menurut Mahfud, pemerintah harus tegas dalam menangani masalah korupsi. Korupsi merupakan penyakit ter-

Ketagihan... Sambungan dari halaman 1 Meski film horor, saya selalu memainkan karakter yang beda," ujar Shandy. Di film arahan David Poernomo kali ini, Shandy bersama tiga orang rekannya diceritakan menjadi ghost hunter. Mereka berempat memiliki ambisi menangkap aktivitas supranatural untuk dijadikan acara televisi. "Karakter saya disini sebagai Mila, dia orangnya tomboy, lebih sporty. Ceritanya lebih anak muda," kata Shandy. Shandy mengaku tidak mempermasalahkan jika nantinya

4 Hakim... Sambungan dari halaman 1 Empat di antaranya diberhentikan karena terbukti sel ingkuh, sementara tiga hakim dipecat karena menerima sesuatu dari pihak beperkara. "Satu hakim disanksi nonpalu selama dua tahun, karena mengembal ikan pemberian dari pihak beperkara," tandasnya. Jaja mengaku tidak hafal nama-nama hakim yang dipecat itu. "Cuma itu termasuk sanksi hakim selingkuh yang bertugas d i PN Jombang," katanya. Memang, hakim Jombang bernama Vica Natalia dipecat MKH beberapa waktu lalu, setelah sebelumnya diadukan suaminya ke KY dan MA. Terkait pemberian pihak beperkara kepada hakim, Jaja mengatakan dalam kode etik yang d ipahami bersama d i lingkungan peradilan, hakim

PDIP... Sambungan dari halaman 1 Disamping tiket tersebut juga, tertera tulisan "Bila Bohong, Ini Tiket Pulang Kampung JakartaSolo Untuk Jokowi". Juru Bicara aksi, Ahmad Yusuf mengemukakan, tiket tersebut sebagai bentuk simbolis dari warga DKI Jakarta yang kecewa atas pencapresan Jokowi. "Tiket ini nanti bersamasama akan d iserahin buat Jokowi biar Jokowi tahu jika dia mau jad i presiden, warga Jakarta akan pulangkan dia ke Solo, jadi Wali Kota Solo Lagi dan enggak boleh jadi Gubernur Jakarta lagi. Kenapa ekonomi? Karena dia kan pencitraan merakyat mulu. Sekarang dia udah enggak merakyat lagi," katanya di lokasi. Apa tanggapan Jokowi? Dia yakin para pendemo itu sudah terorganisasi dan ada yang menggerakkan. Sehingga, kata dia, sangat wajar jika para pendemo itu memintanya segera pulang kampung ke Solo. "Itu sangat terorganisir, menyerang itu diorganisasi, me-


Redaksi HARIAN MADURA Pamekasan: Rizal, Mustopa Sampang: Ahmad Bahri, Junaidi Jufa Sumenep: Taufik Yuspison, Ida Okvinita, Faisal ER Bangkalan: Imam Hambali

RABU, 26 MARET 2014

HALAMAN 12

Becaanna Oreng Madhure

Soal Raskin, Bulog Lebih Selektif

KPU Pamekasan Terima Logistik PAMEKASAN – KPU Kabupaten Pamekasan sudah menerima seluruh logistik untuk penyelenggaraan Pemilu Legislatif (Pileg) yang akan digelar pada 9 April 2014 mendatang. ”Kemarin sudah kami terima, tetapi masih mau d ipriksa kembal i,” terang Devisi Logist ik KPU Pamekasan Did in Sudarman, kemarin (25/3). Dia mengaku pihaknya masih akan memeriksa ulang logistik tersebut. (zal/sal)

Distribusi Logistik ke Kepulauan Terhambat SUMENEP – Sejumlah kendala mengambat proses distribus logistik pemil ihan legislatif ke kawasan kepulauan di Sumenep. kendala itu adalah belum diterimanya Formulir C Plano oleh KPU setempat, juga adanya kesalahan cetak nama caleg DPRD Jatim. "Ada kekeliruan cetak nama pada DCT Caleg DPRD Provinsi Jatim Dapil Madura, untuk nomer urut 1 Partai Kebangkitan Bangsa. Mestinya tertera Badrud Tamam, tapi tercetak Abd Jalil Thalha, caleg DPRD Provinsi Jatim Dapil Madura dari Partai Nasional Demokrat (nasdem)," kata Ketua KPU Sumenep Thoha Shamadi, Selasa (25/3). Selain salah cetak, lanjut Thoha, kendala lain proses pendistribusian logistik Pileg di Sumenep adalah belum diterimanya Formulir C1 Plano untuk tiga kecamatan tersebar di daerah pemilihan (dapil) 7, yakni Kecamatan Kangayan, Arjasa dan Sapeken. Thoha menjelaskan, penetapan darurat distribusi logistik itu, karena diperkirakan rencana awal pendistribusian akan molor seiring Formulir C1 Plano itu untuk rekapitulasi perolehan suara ditingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) belum diterima. Kekurangan formulir tersebut untuk 350 TPS kepulauan, yakni Dapil 7. "Nah, kalau Formulir C1 plano belum kita terima, secara otomatis pendistribusian logistik ke kepulauan akan terhambat. Awalnya kita jadwalnya 26 Maret 2014 sudah mulai pendistribusian ke kepulauan. Tapi karena belum lengkap logistik, ya terancam molor. Makanya kita tetapkan darurat distribusi logistik," tandasnya. Thoha mengungkapkan, pihaknya sudah melayangkan laporan baik tertulis maupun via telpon ke KPU Provinsi Jatim maupun KPU RI. "Kami mendesak kekurangan dan perbaikan DCT tersebut segera dipenuhi, maksimal Rabu (26/3/2014) besok,” pinta Thoha. (nit/sal)

Antrean truk pengangkut beras di gudang bulog Sumenep.

Foto: lukman/HARIAN BANGSA

Sumenep – HARIAN MADURA Gudang Bulog Sumenep kini lebih selektif menerima pasokan beras yang akan digunakan untuk keluarga miskin (raskin). Sejak pembelian beras dibuka pada Senin (24/3) dua hari lalu, banyak beras yang d ikirimkan oleh mitra bulog d itolak. Akibatnya, banyak mitra bulog merugi. Seperti diakui H Affan, Direktur CV Aditya Utama. Pihaknya mengaku pasokan beras miskin yang dikirimkannya ditolak bulog karena dinilai tidak sesuai dengan standar yang ditentukan bulog. “Sudah 10 truk yang ditolak. Kalau begini saya rugi, Mas,” ucapnya. Affan mengaku merugi Rp 2 juta setiap truknya. Dia juga mengeluh rendahnya harga yang dipatok bulog Kepala Bulog Sumenep H Aminul lah belum bisa dikonfirmasi terkait itu. Saat didatangi ke kantor, pihak kemanan bulog menyampaikan Aminullah tidak ada di kantor. “Tadi juga ada rombongan dari Pemkab dan DPRD Sumenep, tapi semuanya tidak bertemu dengan Kepala Bulog,” jelas Rahman, petugas keamanan itu. (smp-1/sal)

Kucurkan Anggaran Rp 27,5 M Pembangunan Sport Centre Pamekasan Pamekasan – HARIAN MADURA Pemkab Pamekasan tahun ini akan mengucurkan anggaran untuk proyek pembangunan Sport Centre sebesar Rp 27,5 miliar. Dana sebesar itu akumulasi anggara tahun 2014 Rp 20 miliar dan tahun 2013 Rp 7,5 miliar. Seluruh dana bersumber dari APBD setempat itu dianggarkan untuk pembangunan sport centre tahap kedua. Sejatinya, dana Rp 7,5 miliar sudah bisa dicairkan tahun lalu.

Namun, pencairan distop setelah Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) merekomendasikan lelang pembangunan sport centre tahap kedua dihentikan sebelum mengantongi dokumen amdal dan lainnya. Pembangunan sport centre tahap pertama sudah menyedot anggaran Rp 23 mil iar. bila d igabung dengan anggaran tahap kedua nanti, maka anggaran yang akan terserap sebesar pada proyek ini sebesar

Rp 50,5 miliar. Diperkirakan, anggaran sebesar itu tidak akan cukup untuk pembangunan sport centre hingga rampung. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pamekasan Jhon Julianto mengatakan, anggaran Rp 27,5 miliar itu akan digunakan untuk melanjutkan pembangunan stadion kebanggaan masyarakat Pamekasan itu. ”Mudah-mudahan target kami menuntaskan lapangan stadion dan finising tribun bisa tercapai,” tegasnya. (zal/sal)

Gedung Sport Centre Pamekasan yang masih proses pembangunan. Foto: rizal/HARIAN BANGSA

Bupati Buka Musrembang Kabupaten Sampang Tahun 2014 Lima Kecamatan Belum Disentuh PKH BANGKALAN – Dari 18 kecamatan yang ada d i Kabupaten Bangkalan, ada lima kecamatan hingga kini belum tersentuh Program Keluarga Harapan (PKH). Lima kecamatan tersebut adalah Kecamatan Konang, Blega, Galis, Geger, dan Kamal. "Hingga sekarang ada l ima kecamatan belum mendapatakan PKH,” terang Kepala Dinas Sosial dan Trasmigrasi (Dinsosnakertras) Bangkalan Ismed Effendi, kemarin (25/3). Dia mengaku tak bisa berbuat apa-apa terhadap lima kecamatan yang belum tersentuh PKH itu. Pihaknya hanya bisa melakukan monitoring di beberapa kecamatan yang mendapatkan PKH dengan para pendamping. Adapun yang menentukan kecamatan mana yang memperoleh PKH adalah Kementrian Sosial (Kemensos). ”Kami hanya memantau saja di lapangan,” kata Ismed. Saatnya ditanya anggaran untuk PKH tahun 2014, ia mengaku tidak tahu. Pasalnya, semua anggara langsung turun ke kantor pos. "Kami tidak tahu berapa jumlah anggaran dana PKH untuk tahun 2014, itu pusat dan pihak kantor pos mas,"akunya Lebih lanjut Ismed mengatakan, dari 13 kecamatan penerima PKH, pal ing banyak menerima adalah Kecamatan Modung dan Kwanyar. "Ada dua kecamatan yang pal ing banyak menerima PKH," tegasnya. (mam/sal)

Fokus pada 6 Prioritas Pembangunan Sampang Sampang – HARIAN MADURA Dalam rangka penyusunan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) Kabupaten Sampang tahun 2015, Bupati Sampang Drs A Fannan Hasib membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Kabupaten Sampang tahun 2014 yang dilaksanakan di Aula Pendopo, Selasa (25/3) kemarin. Musrembang yang diselenggarakan oleh Bappeda Sampang itu mengangkat tema “Peningkatan Kualitas dan Aksebilitas Pelayanan Dasar serta Penanggulangan Bencana Menuju Kabupaten Sampang yang Bermartabat ”. Selain bupati, hadir Wakil Bupati Sampang H Fad hillah Budiono, Sekdakab Sampang Puthut Budi Santoso, Kepala Bappeda Ir Hari Sueyanto, perwakilan Bappeda Provinsi Jawa Timur, Bakorwil IV Wilayah

Bupati Sampang A Fannan Hasib membuka Musrembang Kabupaten Sampang. Foto: ahmad bahri/HARIAN BANGSA Madura, Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS), Forpimda, Ketua TP-PKK Sampang, serta pejabat di teras Pemerintahan Kabupaten Sampang. Bupati Sampang A Fannan Hasib mengatakan, Musren-

bang yang dilaksanakan merupakan forum musyawarah antara pelaku pembangunan dalam rangka menyusun rencana kerja pembangunan tahunan daerah, yang dilakukan secara berjenjang mulai dari

musrembang desa/kelurahan, kecamatan hingga Kabupaten. “Tema musrembang ini untuk mendorong komitmen dalam pembangunan Sampang menjad i lebih baik, maka dijabarkan dalam bentuk enam prioritas pembangunan Sampang,” terang bupati. Pada tahun 2015, lanjut Fannan, pembangunan Sampang difokuskan pada enam prioritas pembangunan. Di antaranya peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik dan berkual itas, pelayanan publ ik dan aksebil itas pelayanan dasar (infrastruktur, pendidikan dan kesehatan), penurunan tingkat kemiskinan, penanggulangan bencana, pemberdayaan dan penguatan kelembagaan masyarakat desa, dan pembangunan ekonomi berbasis potensi lokal. Dikatakan bupati, penyusunan RKPD tahun 2014 meru-

pakan tahun ketiga pelaksanaan RPJMD Sampang tahun 20132018. Ini juga menjadi momentum evaluasi terhadap kinerja SKPD dan target capaian visi dan misi Sampang yang tertuang dalam RPJMD. “Beberapa permasalahan pembangunan yang pal ing utama tahun 2014 ini adalah masih tingginya angka kemiskinan, rendahnya indeks pembangunan manusia (IPM), meningkatnya angka pengangguran, dan masih tingginya intensitas bencana alam utamanya banjir,” ungkap Fannan. Di acara musrembang ini, bupati juga memberikan piagam penghargaan kepada tiga kecamatan terbaik yang sukses melaksanakan musrembang kecamatan. Penghargaan diberikan kepada Kecamatan Jrengik, Sokobanah dan Banyuates. (adv/bahri)

UGM Dukung Best Practices Ekonomi Kerakyatan Pakde Karwo KEBERHASILAN Gubernur Jawa Timur Dr H Soekarwo (Pakde Karwo) membangun ekonomi kerakyatan di Jatim, telah mendapat perhatian dari beberapa perguruan tinggi salah satunya Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Bahkan Guru Besar Fakultas Ekonomi UGM Prof Gunawan Sumodiningrat MEc PhD mendukung best practices ekonomi kerakyatan yang disampaikan Pakde Karwo saat menjadi pembicara tunggal dalam Seminar Ekonomi Kerakyatan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) di Auditorium Sukadji Ranuwihardjo Gedung MM UGM Yogyakarta, kemarin (25/3). Gunawan mengatakan, konsepkonsep yang disampaikan Pakde Karwo sudah sesuai dengan pemikiran dari UGM mengenai ekonomi kerakyatan. Nilai positifnya mengangkat Pakde Karwo menjadi pembicara ekonomi kerakyatan yakni bisa berbagi best practice ekonomi kerakyatan yang secara nyata dilakukan di Jatim. “Pakde Karwo merupakan pemimpin yang dekat dengan rakyat dan dapat memberikan contoh yang baik di Jatim. Kalau di Jatim, pemimpinnya menggunakan prinsip dengan hakikat empat pilar kebangsaan ditambah dengan pemberdayaan masyarakat,” ujarnya. Menurutnya, Pakde Karwo telah memiliki konsep yang jelas, disepakati dan dilaksanakan bersama

CINDERAMATA. Pakde Karwo menerima cinderamata dari Dekan FEB UGM usai menjadi narasumber pada seminar ekonomi kerakyatan di UGM.

antara pemerintah dan masyarakat. Hal itu yang paling penting. Pemerintah harus tegas menggunakan regulasi, SDM yang tepat, teknologi, dan monitoring evaluasi yang semuanya ditujukan untuk rakyat. “Paparan Pakde Karwo positif, tanpa politik. Pakde Karwo langsung pada data kongkretnya di lapangan. Yang penting dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat. Pendekatannya sudah betul. ” ujarnya. Dijelaskannya, hal positif yang didapatkan dari paparan Pakde

Karwo lainnya yakni Gubernur Jatim untuk melindungi rakyatnya membuat regulasi untuk menolak impor seperti produk-produk hortikultura, daging impor, gula rafinasi, dan sebagainya. Selain itu, untuk menangani wong cilik, Pemprov Jatim melakukan pendampingan melalui program Jalin Kesra. “Pendampingan yang ditunjang dengan keberpihakan Pemprov Jatim terhadap wong cilik dapat menjadi keberhasilan Jatim,” kata Gunawan. Ia merasa kaget dengan presen-

KONSEP. Pakde Karwo menyampaikan konsep pemikiran dan implementasi ekonomi kerakyatan yang telah dilakukannya di Jatim.

tasi yang disampaikan Pakde Karwo karena sebelumnya tidak pernah berkomunikasi tetapi presentasi yang disampaikan sama persis dengan apa yang akan disampaikanya dalam seminar itu. Pembangunan diharapkan dekat dengan rakyat atau wong cilik. Pembangunan yang benar harus pro poor, pro growth, dan pro job. Lebih lanjut disampaikannya, kalau impilikasi ekonomi kerakyatan dari Jatim, digabungkan dengan teori yang ada di UGM, dan spirit dari Kota Tua, maka Indonesia akan menjadi lebih mantap dan

bisa menangani permasalahanpermasalahan yang ada. Pada kesempatan yang sama, Dekan FEB UGM Prof Wihana Kirana Jaya MSoc Sc PhD mengatakan, Pakde Karwo merupakan penggerak penggiat ekonomi kerakyatan yang memiliki attitude dan soft skills. Untuk itu, FEB mengundang Pakde Karwo untuk menjadi pembicara dalam seminar. Dalam hal ini, Fakultas ingin menyeimbangkan antara teori dengan praktik yang dilakukan oleh Pakde Karwo di Jatim. “Perilaku dan kemampuan Pakde Karwo dalam menggerakkan

ekonomi kerakyatan sudah tidak diragukan lagi,”tegasnya. Dalam kesempatan itu Pakde Karwo memaparkan, pengembangan ekonomi kerakyatan di Jatim dimulai sejak kepemimpinannya tahun 2009-2014. Mengusung visi ‘Jawa Timur Makmur dan Berakhlak dalam Kerangka NKRI” dengan misinya “Makmur bersama wong cilik melalui APBD untuk Rakyat”. Guna menyukseskan visi dan misinya, disampaikannya, ada 3 track yang dilakukan di Jatim yakni terhadap wong cilik pemerintah memberikan cash transfer, koperasi dan UMKM diberikan pinjaman lunak, dan korporasi diberikan fasilitasi gathering dan jaminan pemerintah (government guarantee) seperti tanah atau lahan, perijinan, power plan, dan buruh tidak boleh anarkhis. “Konsep pembangunan dengan menggunakan pendekatan pembangunan wilayah harus didekatkan dengan kelompok bawah,” ujarnya. Selain itu, berbagai program taktis strategis dikembangkan dalam Pro Growth (pemberian bantuan granulator, chopper, lantai jemur, combine harvester, mini feedmill, rice milling unit, Jamkrida, pembangunan infrastruktur pedesaan), Pro Job (revitalisasi balai latihan kerja atau BLK, magang, sekolah lapangan pertanian, koperasi wanita, pen-

dirian 200 SMK mini), Pro Poor (Jalin Kesra Bantuan RTSM, Bosda Madin, Jamkesda, Ponkesdes, renovasi RTLH), dan Pro Environment (Penghijauan jalan provinsi, rehabilitasi lahan kritis dan hutan rakyat, pengendalian pencemaran Sungai Brantas dan Bengawan Solo). Selain itu, Pemprov Jatim terus melakukan pengembangan dan penguatan terhadap sektor pertanian sehingga dapat meningkatkan nilai tukar pertanian (NTP) dan Indeks Pertanaman (IP) di Jatim. Di sektor pertanian ini, para petani menunda untuk menjual hasil panen sekurang-kurangnya 3 bulan sehingga bisa mendapatkan kredit murah melalui Bank UMKM Jatim yang dijembatani oleh Koperasi Unit Desa.Di wilayah kekurangan tenaga kerja pertanian, Pemprov Jatim memberikan bantuan berupa combine harvester untuk kelompok tani dan gabungan kelompok tani (gapoktan). Dengan bantuan alat ini, dapat mengurangi susut panen dari 12 persen menjadi 2 persen. Di bidang perdagangan, ia menggerakan perekonomian dari bawah. Kelompok bawah dapat menggerakkan ekonomi kerakyatan. Salah satu langkahnya dengan meningkatkan perdagangan dalam negeri melalui UMKM. Tidak mengherankan jika perdagangan di Jatim mencapai surplus Rp. 53,728 triliun. (nis/humas)


Edisi 26 03 14