Issuu on Google+

Aisyah r.a. Berkata : rasulullah saw bersabda : jika allah menghendaki kebaikan terhadap seorang raja, maka diberinya seorang menteri yang jujur, jika lupa diingatkan, dan jika ingat dibantu. Dan jika allah menghendaki sebaliknya dari itu, maka allah memberi padanya ,menteri yang tidak jujur, hingga jika lupa tidak diingatkan dan jika ingat tidak dibantu. (abu dawud)

SELASA

Untuk Surabaya & Sekitarnya SUBUH

DZUHUR

ASHAR

MAGHRIB

ASYA’

04.17

11.36

14.51

17.38

18.48

Redaksi/Pemasaran/Iklan: Gedung Jawa Pos Lt 3 Jl. Karah Agung 45 Surabaya Telepon: (031) 8271624, 8270967, 8270961, 8271667, Fax: 031 8270967

8 JUMADIL AKHIR 1435 H 8 APRIL 2014

HARGA ECERAN Rp. 3.500,-

Koran Warga NU

Pengasuh: KHA Musta’in Syafi’i, MAg

Terjemah al-Ra’d: 15-16

Sekafir Apapun, Tak Bisa Menaifkan Tuhan Terjemah al-Ra’d: 15-16 15. Hanya kepada Allah-lah sujud (patuh) segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan kemauan sendiri ataupun terpaksa (dan sujud pula) bayang-bayangnya di waktu pagi dan petang hari. 16. Katakanlah: “Siapakah Tuhan langit dan bumi?” Jawabnya: “Allah.” Katakanlah: “Maka patutkah kamu mengambil pelindung-pelindungmu dari selain Allah, padahal mereka tidak menguasai kemanfaatan dan tidak (pula) kemudharatan bagi diri mereka sendiri?.” Katakanlah: “Adakah sama orang buta dan yang dapat melihat, atau samakah gelap gulita dan terang benderang; apakah mereka menjadikan beberapa sekutu bagi Allah yang dapat menciptakan seperti ciptaan-Nya sehingga kedua ciptaan itu serupa menurut pandangan mereka?” Katakanlah: “Allah adalah Pencipta segala sesuatu dan Dia-lah Tuhan Yang Maha Esa lagi Maha Perkasa.”

 Bersambung ke Hal. 11

Tak Mau Ubah Karakter demi Pencapresan Yogyakarta-HARIAN BANGSA Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Moch Mahfud MD mengungkapkan dirinya tidak mau larut dalam permainan politik kotor, khususnya untuk pencalonan dirinya sebagai presiden. Dia akan tetap mempertahankan jati dirinya seperti apa yang ada saat ini. Satu misal, dirinya tidak mau diajak berembug di hotel ke hotel untuk menentu- Mahfud MD kan keputusan strategi pemenangan bagi dirinya. Mahfud MD mengemukakan hal itu ketika beramah tamah dengan wartawan di Yogyakarta, Senin (7/4). Sudah banyak saran terhadap Moch Mahfud MD untuk mengubah penampilan agar pencalonan dirinya sebagai presiden bisa berjalan mulus. Namun Mahfud akan tetap mempertahankan penampilannya selama ini.

 Bersambung ke Hal. 11

TIDAK TERBIT Hari Rabu, 9 April 2014, HARIAN BANGSA tidak terbit karena bertepatan dengan pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif 2014. Hari Kamis 10 April 2014, kembali terbit untuk mengunjungi pembaca setia. Redaksi

Harta dan Anak adalah Ujian MUSTASYAR PBNU KH Sya’roni Ahmadi mengajak umat Islam yang memiliki kekayaan lebih untuk menunaikan kewajibannya. Ulama kharismatik yang biasa d isapa Mbah Sya’roni ini menerangkan, dalam surat At Taghobun ayat 14-16, bahwa harta benda dan anak-cucu adalah ujian bagi setiap manusia. Oleh karenanya, didiklah anak menjadi shalih dan shalihah. KH Sya’roni Ahmadi Untuk harta benda, setiap orang yang mempunyai harta benda simpanan maupun dagangan yang sudah mencapai satu nisab (senilai 77 gram emas) wajib mengeluarkan zakat. Bagi yang tidak berzakat, terangnya, al-Qur’an menjelaskan barang yang tidak dizakati pada hari kiamat akan menjadi ular yang membelenggu leher pemilik harta tersebut.

Suasana istighatsah yang diadakan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj demi kesuksesan dan kelancaran Pemilu 2014.

Nahdliyin Dilarang Golput Jakarta-HARIAN BANGSA Pengurus Besar Nahdlatun Ulama (PBNU) menggelar doa bersama (Istighatsah) dengan pimpinan partai politik. PBNU berharap Istighatsah bisa membawa Indonesia lebih baik pascapemilu legislatif 2014. “Ini acara silaturahim masyarakat dan pimpinan parpol. Kita berdoa semoga pemilu aman tertib, berkah,” kata Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siradj kepada wartawan di Pondok Pesantren Luhur Al Tsaqafah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Senin (7/4).

Said menolak Istighatsah dianggap sebagai bentuk keterlibatan institusi NU dalam politik praktis. Menurutnya NU secara institusi tetap netral. “NU tidak berpol itik tapi kalau warganya berpolitik silahkan,” ujar Said. Peran ormas seperti NU penting sebagai penyeimbang diantara konflik politik antarpartai. Said mencontohkan kondisi politik di Timur Tengah sudah kacau balau karena tidak ada kekuatan ormas yang menjadi penengah di antara konflik politik.

“Timur Tengah sudah kacau belau. Mesir yang sudah dewasa amburadul juga. Karena Islam dan nasional isme tidak bertemu. Tidak ada ormas yang menjadi penengah, civil society,” katanya. Said mel ihat pemilu d i Indonesia sudah semakin baik. Dia berharap pemilu semakin membawa berkah dan kemajuan bagi Indonesia. “Kita harapkan pemilu semakin membawa berkah bagi Indonesia. Memandirikan ekonomi dan budaya,” ujarnya.

Ist ighatsah d imulai sekitar pukul 14:15 WIB dipimpin langsung oleh Said Aqil Siradj. Tampak hadir sejumlah elite dan pimpinan partai pol itik di antaranya: Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar; Ketua Umum Gerindra, Suhardi; Ketua Dewan Pertimbangan Golkar, Akbar Tandjung; Ketua DPP Golkar, Rul ly Chairul Azwar; Ketua BPK, Al i Masykur Moesa; Wakil Ketua Umum PPP, Emron Pangkapi.

Anas Akui Menyerang SBY Jakarta-HARIAN BANGSA Mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, mengakui bahwa dirinya memang tengah menyerang Presiden sekaligus Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. Menurut Anas, perlawanan ini merupakan respons atas sikap dan tindakan SBY kepadanya. “Jadi kalau dibilang saya menyerang Pak SBY, saya bilang memang iya, hanya untuk merespons apa yang saya alami dari sikap dan tindakan SBY,” kata Anas di Ge-

dung KPK, Kuningan, Jakarta, Senin (7/4), seusai menandatangani perpanjangan masa penahanannya. Saat ditanya tindakan apa yang telah dilakukan SBY, Anas enggan menjawabnya. “Yang bertanya (wartawan) lebih tahu dari yang ditanya,” ucap Anas. Anas membantah disebut melancarkan kampanye hitam untuk Partai Demokrat. Menurut Anas, dia tidak bermaksud menyerang Partai Demokrat, tetapi hanya menyerang SBY. Anas menga-

takan, hingga kini masih ada sahabat-sahabatnya yang tengah mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dari Partai Demokrat. “Saya bilang, tidak ada rumusnya Anas menyerang Partai Demokrat. Pertama, Anas pernah menjadi Ketua Umum Demokrat. Kedua, sahabat Anas nyaleg di DPR, DPRD, tidak ada yang menyerang Partai Demokrat, tidak ada kamusnya Anas menyerang Demokrat,” tuturnya.

 Bersambung ke Hal. 11

Anas Urbaningrum

Sinyal Black Box, Harapan Baru Misteri MH370

Arzetti Bilbina

Bangkai Pesawat Belum Ditemukan

Pantang Lakukan Politik Uang

Pert-HARIAN BANGSA Memasuki hari ke-31, Malaysia Airlines MH370 belum juga ditemukan. Berbagai spekulasi telah dilontarkan, namun semuanya tidak membuahkan hasil yang memuaskan. Kabar terakhir menjelaskan, ada tiga sinyal yang diduga berasal dari kotak hitam. Sinyal ini diperkirakan akan menjadi petunjuk penting yang dapat memecahkan misteri hilangnya Malaysia Airlines MH370. Keyakinan tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Pusat Koordinasi Bersama (JACC) Angus Houston. Menurutnya, sinyal itu merupakan pertanda yang penting serta menggembirakan. “Kami bekerja di lautan luas dan skala pencarian yang sangat besar, dan sejauh ini sejak MH370 hilang kami telah mendapat

Kapal Ocean Shield, penangkap sinyal yang diduga dari kotak hitam MH370.

 Bersambung ke Hal. 11

 Bersambung ke Hal. 11

Saatnya Cegah Kecurangan dalam Pemilu SMS Bid’ah BUKAN kiai jika tak menelan resiko. Itulah yang dialami Kiai Ahmad Ishomuddin saat mengasuh rubrik konsultasi fiqih di sebuah surat kabar Lampung. Rais Syuriyah PBNU ini menerima pertanyaan tentang hukum membunyikan sirine sebagai penanda waktu imsak. Usai menjelaskan dalil dan alasannya, Kiai Ishom menjawab: mubah alias boleh. Ternyata tak semua orang puas dengan jawaban tersebut. Ya, esoknya sebuah SMStak dikenal masuk di HP Kiai Ishom, “Klun... ting...”

Bersambung ke Hal.11

 Bersambung ke Hal. 11

Dari Serangan Fajar hingga Pencurian Suara Pemilihan Umum (Pemilu) tinggal sehari lagi. Tingginya golput dan kecurangan pelaksanaan Pemilu menjadi catatan tersendiri. Masyrakat diimbau berperan aktif untuk menggunakan hak suaranya dan ikut membantu mengawasi pelaksanaan coblosan sehingga benarbenar menghasilkan pemimpin yang kredibel untung bangsa Indonesia.

BANYAK pihak berharap pemilu tahun 2014 benar-benar bisa dilaksanakan dengan jujur dan adil. Mantan Ketua Mahkamah Konstiusi Mahfud MD berharap pemilu 9 April nanti berkualitas. Dia meminta agar lembaga berkompeten seperti Bawaslu, mengawasi pelaksanaan pemilu, yang akan berlangsung dua hari lagi. “Yang perlu d iwaspadai bersama baik oleh Bawaslu,

 Bersambung ke Hal. 11

Uang ratusan juta yang disita aparat kepolisian yang diduga akan digunakan untuk melakukan politik uang.

MEMASUKI minggu tenang kampanye, para artis yang menjad i calon anggota legislatif juga sibuk melakukan persiapan untuk pencoblosan pada 9 April mendatang.

Bersambung ke Hal. 11


HARIAN BANGSA SELASA, 8 APRIL 2014

Gubernur Terus Perjuangkan Nasib Petani Tebu Jatim

Dihajar Puting Beliung, Pohon Bertumbangan

SURABAYA-Gubernur Jawa Timur Soekarwo (PAkde Karwo) terus memperjuangkan nasib para petani tebu di Jatim. Ada lima fokus yang akan dilakukannya yakni menetapkan harga patokan petani (HPP), rendemen tebu, larangan pabrik gula rafinasi, memperjuangkan produksi gula Jatim yang surplus agar bisa dijual ke luar pulau, dan harga jaminan petani tebu. “Permasalahan ini sangat serius karena menyangkut hajat hidup orang banyak. Pemerintah harus melindungi produksi dalam negeri. Semua negara keputusannya untuk kepentingan nasional terlebih dahulu. Pemerintah harus fungsi melindungi dalam negeri,” ujar Pakde Karwo saat melakukan dialog bersama Asosiasi Petani Tebu Republik Indonesia (APTRI), Serikat Pekerja, dan Asosiasi Pedagang Gula di Graha Wicaksana Praja Kantor Gubernur Jatim, kemarin (7/4). Ia mengatakan, kelima hal ini akan dirumuskan bersama tim, dan disampaikan kepada Presiden RI melalui surat. Dari lima hal tersebut, ada yang langsung bisa diputuskan oleh Pemprov Jatim yakni gula rafinasi yang masuk di Jatim, dan rendemen tebu. Sedangkan HPP Rp 9.500 didorong agar segera diberlakukan. “Jatim sebagai ikonnya gula di Indonesia ini jangan sampai rusak dan bangkrut. Untuk itu, segera dirumuskan bersama mengenai kelima hal itu, dan disampaikan kepada Presiden melalui surat,” tegasnya. (nis/ros)

Surabaya-HARIAN BANGSA Hujan deras disertai puting beliung terjadi sekitar pukul 15.00 wib kemarin (7/4), menyebabkan dahan pohon patah dan beberapa pohon tumbang. Seperti pohon yang ada di trotoar SD Kaliasin I Jalan Gubernur Suryo Surabaya. Satu pohon tumbang mengarah ke halaman sekolah, satu lagi dahan yang lumayan besar patah. Di dalam halaman Gedung Negara Grahadi, ranting pohon palem juga berjatuhan. Selain itu, di sisi kiri Jl Gubernur Suryo banyak dahan dan ranting yang patah berjatuhan ke jalanan. Pengguna jalanpun harus melambatkan laju kendaraannya. "Wah, puting beliung, atiati rek," ujar pengguna motor yang berteduh di bawah jembatan penyeberangan dekat SMAN 6 Surabaya. Dinas Kebersihan dan Pertamanan Surabaya sigap dengan kejadian ini. Tak berselang lama setelah pohon tumbang, petugas langsung datang. Ada yang menggunakan motor berboncengan memotongi dahan-dahan besar yang jatuh, kemudian ada petugas lainnya yang kebagian membersihkan

Daun pohon palem yang berguguran di gedung Grahadi, setelah diterpa puting beliung, kemarin. dahan yang telah dipotong tadi. Sementara di depan SDN Kaliasin I, mobil khusus yang biasa untuk memotong ranting tinggi juga didatangkan.

Sekitar 5 petugas nampak membersihkan dan memotong pohon yang roboh tadi. Sedangkan dari Dinas Pehubungan mengatur jalan. "Kami juga akan me-

2

foto:nisa/HARIAN BANGSA

motongh pohon di depan Balai Budaya (Balai Pemuda) yang juga roboh," ujar, satu petugas ketika ditanya akan membersihkan pohon dimana lagi. (nis/ros)

Pedagang Minta Pemkot Ambil Alih Pasar Turi Gubernur Soekarwo menyalami anggota APTRI.

Foto:nisa/

HARIAN BANGSA

Penambangan Ilegal di Jatim Diungkap Dewan SURABAYA- Anggota Komisi A DPRD Jawa Timur, Fauzi Faried mengungkapkan ada praktek penambangan ilegal (Ilegal Mining) di Jatim yang diduga dilakukan oleh kader Partai Gerindra R. Bambang. Dijelaskan pria yang juga politisi Partai Gerindra itu, jika PT Antam yang dalam perjalanannya beralih dengan PT Padmanaba yang disebutkan telah mengantongi izin usaha pertambangan (IUP) untuk menambang , mengelola dan menjual pasir besi yang terletak di Desa Wotgalih Lumajang dipertanyakan keasliannya. Mengingat dalam izin tersebut tidak ada batas waktunya. ‘’Bagaimana mungkin izin tidak ada batas waktunya. Wong kontrak rumah saja ada batas waktunya. Saya melihat jika R. Bambang mencoba menjual surat izin kemana-mana, tanpa ada bukti jika dirinya memiliki bukti lokasi tambang. Hal ini diperkuat dengan surat dari Disperindag dan ESDM Kab. Jember misalnya disana tidak pernah ada eksplorasi,’’tegas anggota Fraksi Partai Gerindra Jatim itu, kemarin. Apalagi, lanjut Faried lahan tambang yang diklaim milik PT Padmanaba di Lumajang adalah milik TNI AU, dan kini izinya sudah mati. ‘’Bagaimana lahan yang bukan miliknya diklaim, ini khan bahaya. Bahkan ditengarai IUP milik PT Agyta yang ada di Jember dipakai untuk eksplorasi di tempat lain di Desa Wotgalih Lumajang yang notabene milik TNI AU,’’lanjut Farid dengan nada tinggi. Menurut anggota Komisi A yang dikenal vokal itu, kalau praktek tersenbut sampai terjadi maka ada indikasi R. Bambang telah melakukan ilegal mining. Dan tentunya negara dirugikan miliaran rupiah dan ini sudah masuk dalam ranah pidana. Karenanya, pihak KPK harus segera turun tangan untuk menyelidiki masalah ini. Hal senada diungkapkan Kadis Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jatim, Ir. Dewi J Putriatni. Menurutnya sesuai aturan pelaksanaan penambangan harus dilakukan sesuai izin IUP yang dikantongi. Sebaliknya, jika pelaksanaannya dilakukan tidak sesuai dengan IUP, maka yang melakukan bisa dilakukan penindakan hukum dan masuk dalam rana pidana. "Sesuai aturan yang ada, jika ada penambangan antar kabupaten/kota maka izinnya di provinsi. Sebaliknya jika benar yang dilakukan R Bambang itu memiliki ijin penambangan di Jember, namun kemudian dia yang melakukannya di Lumajang, maka yang bersangkutan dapat digolongkan melakukan illegal mining. Adapun sanksinya jelas yaitu pidana,’’papar pejabat perempuan itu. Sementara Bambang mengaku dirinya merasa dipojokan dengan tudingan yang dilakukan Fauzi Faried yang menyatakan dirinya telah memalsukan IUP untuk penambangan pasir besi di Kabupaten Jember. Sebaliknya, dia mengatakan ada kesengajaan terjadinya black campaign karena dirinya maju dalam pencalegan di DPR RI mewakili Gerindra. Bambang menegaskan saat ini dirinya tengah menunggu proses hukum terhadap pelaku unjukrasa pada tambang PT Agyta Dwisejahtera di Kab. Jember. "Sambil menunggu proses hukum lewat Manager Pemasaran kami mencoba melkukan pengiriman pasir besi dari hasil produksi di lokasi tambang Lumajang," terangnya kepada wartawan. Ditambahkannya, karena hak pengolaan dan penjualan pasir besi PT Antam, Lumajang yang izin IUP eksploitasinya sudah lengkap dan sudah dikuasakan ke perusahaannya, maka R Bambang melakukan pengiriman pasir besi sekaligus membayar royalty ke negara. "Sedang untuk eksportnya kami menggunakan PT Agyta. Ini karena kami yang bertanggungjawab di manajemen PT tersebut," pungkasnya. (mdr/ros)

Pemimpin Umum: M Mas’ud Adnan Pemimpin Redaksi: Abdurrahman Ubaidah Redaktur Pelaksana: Nur Syaifudin Redaktur: Nur Syaifudin, Rosihan Choirul Anwar, Nur Faishal, Musta’in

Surabaya-HARIAN BANGSA Kekecewan ratusan pedagang Pasar Turi yang tergabung dalam Kompag (Kelompok Pedagang) Pasar Turi Surabaya tidak bisa d isembunyikan. Pembangunan pasar bersejarah yang ditargetkan selesai 10 April 2014 tidak mungkin terwujud. Pembangunan fisik pasar berlantai sembilan ini hanya sampai pada lantai delapan. Belum lagi pemasangan interior yang belum tergarap. Perkiraannya, butuh waktu enam bulan ke depan untuk menyelesaikan pembangunan fisik dan pemasangan interior sampai bisa ditempati. Tentu saja, sebagian besar pedagang lama yang merasakan kebaka-

ran pada 2007 harus lebih sabar lagi. Padahal, tidak sedikit dari mereka yang terpaksa menganggur lantaran tidak memiliki modal berjualan. Pengurus Kompag, Syukur mengaku, sudah tujuh tahun pedagang menunggu untuk berjualan kembali di Pasar Turi. Sedianya, pembangunan pasar membutuhkan waktu selama dua tahun. Sesuai dengan kontrak proyek, penggarapan dimulai Februari 2012Februari 2014. Sayang, pada Februari bulan lalu, kontraktor belum menyelesaikan pembangunan. Sehingga ada adendum (perpanjangan) 50 hari, sampai 10 April. Yang mengejutkan, keterlambatan proyek dikarenakan adanya tempat penampungan sementa-

ra (TPS) di sekitar Pasar Turi. Keberadaan TPS, kata Syukur, menjadi faktor penghambat. "Kata investor (PT Gala Bumi Perkasa), TPS ini yang mengganggu, sebagian sudah kita bongkar menyisakan beberapa saja," ujarnya dalam rapat akbar antara pedagang Pasar Turi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya di area TPS, Senin (7/4). Tidak hanya itu, saat ini pedagang ditindas. Berkedok bunga dan denda, PT Bumi Gala Perkasa sewenang-wenang menarik uang dari pedagang Pasar Turi. Contohnya, para pedagang harus mengambil kunci stand pada 10 April dengan syarat membawa uang Rp 10 juta. Jika terlambat ambil

Risma Ajak Junjung Kejujuran UN Surabaya-HARIAN BANGSA Wali kota Tri Rismaharini, mengajak semua stake holder di dunia pendidikan di Surabaya untuk mengedepankan pentingnya kejujuran dalam menghadapi Ujian Nasional (UN) yang akan dimulai pekan depan. Ajakan walikota ini untuk merespon masih adanya kepala sekolah, guru dan siswa-siswi yang menganggap UN sebagai momok menakutkan. Mereka merasa terbebani untuk sukses karena menganggap ukuran sukses adalah UN. Ironisnya, terkadang ada yang menghalal kan segala cara demi meraih keberhasilan. “Saya harap tidak ada kecurangan dalam pelaksanaan UN nanti. Saya tidak mau ada yang pakai cara-cara tidak benar. Masa depan anak-anak ini tidak

lebih dari dua minggu, uangnya bertambah menjadi Rp 25 juta. Karena itu, Syukur meminta supaya Pemkot mengambil alih pembangunan dan memutus kontrak dengan PT Gala Bumi Perkasa. Menurutnya, penarikan denda dan bunga sudah masuk kategori tindak pidana rentenir. Hadir dalam pertemuan yang berjalan sekitar tiga jam, Asisten 1 Pemkot Surabaya, Yayuk Eko Agustin, Kabag Hum Maria Teresia Ekawati Rahayu, Kepala Dinas PMK, Chandra, Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Eri Cahyadi, Sekretaris DCKTR, Aminuddin, da Kepala Disperindag, Amhad Basori. Yayuk Eko Agustin mengaku kaget ada denda dan bunga. Dia

berjanji akan menyelesaikan pembangunan Pasar Turi secepat mungkin. "Bapak ibu tidak perlu khawatir. Yang ada dipikran Pemkot, Pasar Turi harus segera jadi supaya segera bisa berjualan di tempat yang baru," ujarnya. Eri menambahkan, Pemkot sudah membentuk tim independen untuk melakukan pengecekan pembangunan di lapangan. Mulai dari kualitas pembangunan hingga adanya dugaan penindasan seperti yang dikeluhkan pedagang. Sejauh ini, tim independen sudah memanggil investor untuk mengumpulkan keterangan. "Selama ini yang dipanggil masih investor, tapi tidak lama lagi pedagang akan dipanggil juga," terangnya. (lan/ros)

Kejaksaan Plototi Proyek Smooking Area di Kecamatan Dugaan Korupsi Dana Cukai Pemkot Surabaya

Wali Kota Tri Rismaharini saat menjawab pertanyaan wartawan. Foto:humas

tergantung hanya melalui UN saja. Kalau terbiasa cari jalan pintas untuk sukses dengan cara menyontek, nanti mereka bisa kena masalah pada fase kehidupan mereka berikutnya,” tegas Walikota Risma ketika memberikan keterangan kepada wartawan di ruang kerja walikota, Senin (7/4). Risma menjelaskan, pihaknya

tidak pernah menargetkan pelajar di Surabaya harus mendapatkan nilai tertinggi dibandingkan pelajar dari kota/kabupaten lain di Jawa Timur. Menurut walikota, prestasi seorang Kasek tidak hanya diukur dari pencapaian di UN. Tetapi bagaimana para Kasek bisa menjadikan siswa-siswi di Surabaya bisa sukses di segala bidang.(yul/ros)

Surabaya – HARIAN BANGSA Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya dan Kejari Tanjung Perak menelusuri dugaan penyimpangan dana bagi hasil cukai dari Pemkot Surabaya yang disalurkan kepada kecamatan-kecamatan. Dan tersebut diperuntukkan untuk pembangunan ruang khusus perokok atau smooking area. Kejari Perak beberapa waktu lalu sudah mendatangi kantor Kecamatan Tandes untuk mengecek smooking area yang dibangun. Diduga, pembangunan tidak sesuai spesifikasi sehingga menimbulkan kerugian negara. Namun, informasi dari lingkungan Kejari Perak, gedung proyek tahun 2013 itu

langsung d iperbaiki seusai diusut tim kejaksaan. "Sampai sekarang kita masih mengumpul kan data dan keterangan (puldata dan pulbaket) di Kecamatan Tandes," ujar Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasipidsus) Kejari Tanjung Perak Surabaya Gatot Haryono. Selain Kejari Perak, Kejari Surabaya juga mengusut kasus ini. Dikonfirmasi kemarin (7/4), Kepala Seksi Intelijen (Kasintel) Sri Kuncoro mengamini itu. Pihaknya mengaku telah menerima informasi dugaan penyimpangan itu, namun belum melakukan pengumpulan data dan keterangan. “Nanti kalau sudah bergerak pasti saya kabari," ujar Kasintel berkepala plontos itu.(sal/ros)

IPHI Imbau Tidak Golput Surabaya-HARIAN BANGSA Pengurus Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jatim mengimbau seluruh umat Islam untuk tidak golput pada pemilu legislatif (pileg) tanggal 9 April 2014 nanti. Sebab, golput akan merugikan umat Islam sendiri. Yang Tak kalah penting, adalah memilih wakil rakyat atau pemimpin yang juga beragama Islam. ''JIka nanti yang terpilih wakil Tamat Anshory, ketua PW IPHI Jatim. Foto: nisa/HARIAN BANGSA

Staf Redaksi: Rochmatun Nisa, Maulana, Rusmiyanto, M. Didi Rosadi, M Hayan Dewan Redaksi: H Abdul Wahid Asa, M Mas’ud Adnan, Abdurrahman Ubaidah Koordinator Liputan: Rosihan Choirul Anwar Sidoarjo: Daryanto Mojokerto: Ahmad Gunadi, Rochmad Saiful Aris, Yudi Eko Purnomo Jombang: Adi Susanto Gresik: M Syuhud Almanfaluty, M. Shofi’i Lamongan: Haris Sugianto, Azharil Farih Tuban : Suwandi Bojonegoro: Nur Hadi Sampang: Ahmad Bahri Pamekasan: Rizal Pasuruan: Bambang Darma Widjatmoko, Sulistyawan Bondowoso: Sugiyanto Situbondo: Hadi Prayitno Jember: Yudhi Indrawan Probolinggo: Andi Sirajuddin Lumajang: Imron Ghozali Blitar: Try Susanto Kediri: Arif Kurniawan Nganjuk: Bambang DJ Madiun: S Setyawan Dhani Magetan: Nanang Ari Purnomo Tulungagung: Agus Dwi Cahyono Iklan: Yuni, Kemal Rizal, Doni Sujito Pemasaran/Sirkulasi: Kemal Rizal, Nur Ali Pracetak: M Dikman (Kepala), Althof, Haksni, Aulia Rachman, Robby Yanto.

rakyat atau pemimpin yang ternyata bukan muslim, tentu yang dirugikan adalah umat muslim. Kebijakan-kebijakannya nanti pasti tak akan mendukung kepentingan umat muslim. Makanya, gunakan hak pilih Anda, dan pilihlah wakil rakyat dan pemimpin yang muslim,'' imbau Ketua PW IPHI Jatim H Tamat Anshory Ismail kepada wartawan, kemarin (7/4). Tamat mengatakan, pemilu dalam pandangan Islam adalah upaya untuk memilih pemimpin atau wakil rakyat yang memenuhi

syarat-syarat ideal demi kepentingan bangsa. Dan memilih pemimpin adalah wajib guna menegakkan imamah dan imarah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. ''Pemimpin dan pemerintahan dalam Islam menghajatkan syarat-syarat agar terwujud kemaslahatan dan kehidupan berbangsa. Syaratnya apa? Siddiq (jujur), amanah (terpercaya), tabligh (aktif dan aspiratif), serta fathonah (mempunyai kemampuan),'' urainya. Selain mengimbau agar umat Islam tidak golput dan memilih

pemimpin dan wakil rakyat yang juga muslim agar bisa mengemban amanah amar ma'ruf nahi munkar, IPHI juga menyerukan lembaga-lembaga negara yang langsung atau tidak langsung bertanggungjawab atas penyelenggaraan pileg dan pilpres, agar dapat menyelenggarakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, efisien, serta berlangsung aman, damai dan bermantabar, serta bertanggungjawab kepada rakyat dan kepada Allah SWT. (nis/ros)

Komisaris: Ali Maschan Moesa, Masyhudi Muhtar, H Muid Direktur Utama: Juniarno D Purwanto Direktur: M Mas’ud Adnan, H Abdul Wahid Asa. Pemimpin Perusahaan: M Dikman Alamat Redaksi/Pemasaran/Iklan: Gedung Jawa Pos lantai 3 Jl Karah Agung 45 Surabaya, Telp: (031) 8271624, 8270961, 8271667, Fax: 031 8270967, Website: www.bangsaonline.com Email:bangsa2000@yahoo.com, harianbangsa@gmail.com Tarif Iklan: Display colour Rp. 45.000/mmk, Display BW: Rp. 25.000/mmk, Iklan spot 2 warna: Rp. 35.000/mmk, Sosial/Duka Cita: Rp. 10.000/mmk, Iklan Baris Rp. 10.000/baris Harga Langganan: Rp. 80.000/bulan, Harga Eceran (Pulau Jawa): Rp. 3.500/eks. Luar Jawa: plus ongkos kirim. Perwakilan Jakarta: Jl. Kebayoran Lama 12 Jakarta Selatan. Percetakan: PT Temprina Jawa Pos . No. Rekening: BRI 041201000321308 a/n PT DUTA BANGSA INTERMEDIA PERS.


3

HARIAN BANGSA

Jelang Pileg, Politik Uang makin Menggila

Ditemukan Lampiran C1 Palsu

MOJOKERTO-Jelang gawe besar Pileg, praktik politik uang makin menggila di Kota Mojokerto. Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) pun tak menampik banyaknya laporan masyarakat tentang praktik tersebut. Sayangnya, lembaga ini tak dapat menindaklanjuti lantaran dinilai tak memenuhi unsur formal dan material delik pelanggaran pidana pemilu. "Memang, makin dekat dengan coblosan banyak laporan masyarakat yang masuk. Terutama soal money politic. Tapi karena tidak disertai bukti-bukti yang cukup, terpaksa tidak dapat kita tindaklanjuti," kilah Ketua Panwaslu Kota Mojokerto, Elsa Fifayanti, Senin (7/4). Mantan wartawati ini juga menyatakan pihaknya tidak mengesampingkan setiap informasi soal politik uang. Karena praktik ilegal ini menurutnya tidak memberikan kontribusi positif terhadap pendidikan politik masyarakat. "Kita tetap memberikan atensi setiap laporan yang masuk," sergahnya. (yep/lan)

Untuk DPRD Provinsi dan DPD RI

Pasien RSU Dr Soetomo Terancam Golput SURABAYA-Tidak adanya TPS khusus di RSU Dr Soetomo, dikhawatirkan membuat ribuan pasien rawat inap disana tak akan menyuarakan haknya pada pileg besok, alias golput. Demikian juga dengan petugas jaga disana berpotensi tidak menggunakan hak pilihnya. Hingga kemarin (7/4) tercatat jumlah pasien sebanyak 1.500an pasien, dan petugas medis 500 orang. "Sama seperti Pemilihan Kepala Daerah Jatim 2013, tidak banyak yang berkesempatan mencoblos karena tidak ada TPS khusus," ujar Direktur RSU dr Soetomo Surabaya, dr Dodo Anondo MPh, kemarin. Meski Komisi Pemil ihan Umum (KPU) telah berkoordinasi dengan 5 TPS terdekat di sekitar RSU dr Soetomo yakni TPS 1 di Lapangan Dharmawangsa, TPS 2 di Jalan Dharmawangsa, TPS 3 Jalan Dharmawangsa, TPS 11 di Perumahan Universitas Airlangga dan TPS 46 di Jalan Raya Karangmenjangan, Dodo menilai itu tak efektif. Selain mepetnya waktu yang tidak lebih dari dua jam, tidak semua petugas bisa mendatangi pasien yang ingin memberikan hak suaranya. (nis/lan)

Warga Syiah Nyoblos di TPS Jemundo SIDOARJO – KPU Sidoarjo menjamin bakal memfasilitasi semua kalangan warga untuk bisa menyalurkan hak pilihnya pada Pileg 2014, pada 9 April nanti. Jaminan ini juga berlaku bagi ratusan warga Syiah asal Sampang yang tinggal d i Rusunawa Puspa Agro, d i Desa Jemundo Kecamatan Taman Sidoarjo. Sebelumya warga Syiah ini telah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Jumlahnya 144 pemilih. Mereka telah terdata dalam Tempat Pemungutan Suara (TPS) 9 dan TPS 10 di Desa Jemundo Kecamatan Taman. “Kami jamin mereka untuk menyalurkan hak pilihnya. “Mereka memilih di TPS yang sama dengan pemilihan Gubernur Jatim lalu,” cetus Ketua KPU Sidoarjo Bhima Ariesdiyanto, Senin (7/4). Terpisah, Ketua Panwaslu Sidoarjo Burhanud in mengatakan, dalam pencoblosan nanti Panitia pengawas kecamatan (Panwascam) akan bergerak ke sejumlah TPS untuk mengamati pencoblosan. Pihaknya juga terbuka untuk menerima laporan tindak kecurangan dari warga, caleg maupun parpol saat pencoblosan nanti. (sta/lan)

DITERTIBKAN. Panwascam bersama Satpol PP membersihkan alat peraga yang masih terpasang di jalan-jalan protokol di Banyuwangi. H-2 menjelang coblosan, masih banyak APK terpasang. Sementara kemarin, ratusan personel kepolisian sudah melakukan orientasi TPS di seluruh Banyuwangi. foto: fransiscus wawan slamet riyadi/HARIAN BANGSA

PDIP Jatim Waspadai Kecurangan Pemilu Surabaya-HARIAN BANGSA Menjelang pencoblosan pemilu 2014 yang tinggal satu hari lagi, Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur H. Sirmadji menginstruksikan jajaran struktural, caleg, dan kader partai di seluruh kabupaten/kota menjaga Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayahnya masing-masing agar tidak terjadi kecurangan. Menurut Sirmadji, pelaksanaan Pemilu 2014 masih dibayangi kekhawatiran terjadinya berbagai bentuk kecurangan. Sirmadji menyebutkan satu di antaranya, yakni money politics yang sekarang auranya sudah terasa. "Fokus kita pasca kampanye, yakni mengamankan pemilu dari tindakan kecurangan oleh siapa pun. Para caleg bersama tim-nya, serta jajaran struktural harus mengoptimal kan pengamanan pemilu agar tidak terjadi

kecurangan," tandas Sirmadji, kemarin (7/4). Dari pelaksanaan kampanye, baik yang konvensional maupun model kampanye seperti yang dilakukan Joko Widodo (Jokowi), kata Sirmad ji, PDI Perjuangan Jawa Timur optimistis bisa meraih 28 persen suara d i Pemilu 2014. Optimisme itu muncul setelah mendapat masukan dari pengurus di kabupaten/ kota, serta melihat antusiasme masyarakat baik terhadap PDI Perjuangan maupun Capres Jokowi. PDI Perjuangan Jatim, ungkap Sirmadji, sebelum Jokowi d iputuskan capres menargetkan raihan suara antara 24 28 persen. Setelah Jokowi mendapat mandat sebagai capres dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, jelas Sirmadji, pihaknya makin yakin target atas (28 persen-red) bisa dicapai. "Kita

optimis tercapai," katanya. Agar capaian suara bisa lebih maksimal, Sirmadji juga mengajak seluruh pendukung PDI Perjuangan dan Jokowi benar-benar datang ke TPS saat coblosan Pemilu 2014 pada 9 April lusa. Pihaknya juga sudah menyiapkan saksi untuk mengamankan proses coblosan dan penghitungannya, mulai tingkat TPS hingga KPU setempat. Terpisah, Ketua Ketua Departemen Pemuda DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Pravendi Januarsa mengajak seluruh masyarakat datang ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk memilih wakilnya pada 9 April besok. "Terutama kepada elemen PDI Perjuangan, jangan sampai golput. Mari kita laksanakan kewajiban sebagai warga negara dengan ikut memberikan hak suara," ajak Pravendi Januarsa. (mdr/lan)

Para pedagang Pasar Sobo sedang memblokade jalan masuk ke pasar dan menolak penggusuran pasar yang sudah dipakai berdagang bertahuntahun.foto: fransiscus wawan slamet riyadi/HARIAN BANGSA berjamaah jika tetap digusur. "Kalau kami dipaksa untuk pindah dari los pasar yang sudah bertahuntahun kami tempati ini, kami akan Golput pada pemilu mendatang. Bahkan kami akan mempertahankan dengan segala cara agar kami tidak digusur,"katanya. Dikatakan juga oleh Syamsi, dengan adanya rencana penggusuran los

pasar Sobo ini baru sekedar informasi secara lisan. Bahkan menurutnya, oknum pejabat dari dinas pasar yang menemuinya dan memberitahukan informasi ini, nantinya aka nada surat tertulis dari Pemkab Banyuwangi yang akan menggusur para pedagang di pasar Sobo, dan lokasi pasar akan dial ih fungsikan sebagai terminal wisata terpadu oleh Pemkab.

Jember-HARIAN BANGSA Dua hari menjelang pelaksanaan pemungutan suara dalam Pemilu Legislatif 2014, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember menemukan Lampiran Model C1 untuk DPRD Provinsi Jawa Timur yang diduga palsu. Ketua KPU Kabupaten Jember, Ketty Tri Setyorini mengatakan, Lampiran C1 palsu tersebut ditemukan di wilayah Kecamatan Kencong. Dalam lampiran tersebut, salah satu nama calon anggota legislatif Jawa Timur tidak disebutkan. Setelah mendapat laporan tersebut, kata Ketty, KPU Jember langsung melakukan kroscek ke lapangan. Hasilnya, lampiran tersebut dipastikan palsu. Sebab KPU Jember tidak pernah mengeluarkan Lampiran C1 kepada masyarakat. Saat ini, menurut Ketty, selu-

“Di pasar sobo ini perekonomian sudah mulai bangkit. Bahkan dimana dulu pasar sobo ini sepi, sekarang sudah mulai ramai pengunjung,” katanya. Menurut Syamsi, para pedagang di pasar Sobo ini sejak lama sudah membayar retribusi ke Pemkab banyuwangi melalui dinas pasar. Namun beberapa bulan terakhir ini, pihak dinas pasar tidak lagi mau menarik retribusi dengan alasan yang tidak jelas. Namun sebagai warga yang patuh akan kewajiban, para pedagang masih tetap membayar retribusi, dan untuk sementara waktu uang retribusi dititipkan ke paguyuban pedagang Pasar Sobo. Pantauan di lapangan menyebutkan, pasar yang berlokasi di Jl S Parman Kelurahan Sobo, Kecamatan Banyuwangi dengan luas 10.315 meter persegi tersebut menggunakan lahan milik Pemkab Banyuwangi dan sudah bersertifikat sejak tahun 1984. Di samping sebelah kanan dari Pasar Sobo sedang dibangun hotel bintang lima yang besar kemungkinan membutuhkan lahan parkir cukup luas.(bwi-1/lan)

Seruan Empat Banom NU Jombang

Golput Picu Kecurangan Pemilu

Jombang-HARIAN BANGSA Empat Badan Otonom (Banom) Nahdlatul Ulama Cabang Jombang menyerukan agar pemilih datang ke tempat pemungutan suara (TPS) serta menggunakan hak pil ihnya dalam pemilu 9 April besok. Masyarakat diminta tidak Golput untuk menghindari kecurangan baru dalam Pemilu. Seruan tersebut disampaikan oleh Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor, Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU), Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), serta Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Jombang, dalam siaran persnya d i Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang, Senin (7/4). Sekretaris PC IPPNU Jombang, Aulia Rahmah, mengatakan, sebagai kelompok pemilih pemula, pihaknya sudah meminta kepada seluruh kader IPPNU agar tidak mengambil sikap Golput. "Kami mengintruksikan kepada seluruh kader

RUPA-RUPA MINUMAN

RUPA-RUPA

AQUADEES MURAH BERKUALITAS Harga 13jt, 16jt, 23, 30, 39jt sd 99jt ATAU KERJASAMA TANPA BELI ALATJAMINAN Jaminan Bahan Baku Air Prigen dg Sumber & Mobil Tanki Sdri. Hub. Komp Ruko Cipta Menanggal 58 Sby Telp. 031-8295355, 77770776, 0817300776, 081232379770

RUPA-RUPA

fn*1/3-30/3/14

SINA WATER FILTER Sedia Alat Penjernih Air utk atasi air kotor, keruh, bau, warna pada air sumber/pam. Garansi Tabung 5 Th, Garansi Media 1 Th. Harga Terjangkau. Hub. 031-71249578, 7874951

MINUMAN

fn*10/3-9/4/13

MAKANAN BERAS ORGANIK Madura - Sehat - Murah - Enak - Pulen - Harga Promo Rp. 10 Rb / Kg Hub: Jl.Pagesangan 2 No.63 Sby Telp. 03170182870, 081231689596 hw*12/3-11/4/14

AHLI GIGI “GIGI LANGSUNG JADI” Awet, Enak Dipakai Seindah Aslinya. Hub. 0318012259, 085646037676 Minggu, Hari Libur Buka !!! fn*6/4-7/5/14

fn*9/3-8/4/13

hw*22/3-22/4/14

ruh perangkat untuk pelaksanaan pemungutan suara, termasuk di dalamnya Formulir C lengkap ada di dalam kotak suara yang sudah tersegel, dan sudah terd istribusi d i kantor kelurahan/desa. Ketty menerangkan, selain temuan Lampiran C1 palsu untuk DPRD Provinsi, KPU juga mendapat laporan yang sama namun untuk Lampiran DPD RI. Di sisi lain, KPU Jember sejak kemarin mulai mendistribusikan logistik pemilu ke beberapa kecamatan yang memiliki letak geofrafis yang cukup sulit. Sementara untuk daerah yang memiliki letak geografis tidak terlalu sulit dijangkau akan dilakukan besok (hari ini,red). Komisioner KPU Kabupaten Jember Bidang Logistik, Hanan Kukuh Ratmono menjelaskan, agar tidak terjadi keterlambatan logistik, sedikitnya 4 kecamatan yang memiliki medan cukup sulit seperti di Kecamatan Sumberbaru, Tempurejo dan Bangsalsari sudah mulai dilakukan pend istribusian ke t ingkat desa. (yud/lan)

Banom NU saat menyerukan agar pemilih datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya. foto:muhammad syafii/HARIAN BANGSA

Pasar Digusur, Pedagang Ancam Golput Banyuwangi-HARIAN BANGSA Pedagang Pasar Sobo, Kelurahan Sobo, Kecamatan Banyuwangi mengancam tidak memberikan hak suaranya (Golput) jika pasar tersebut digusur pada Senin 7 April 2014. Sebelumnya rencana akan dilakukanya penggusuran pedagang d i Pasar Sobo didengar para pedagang pada Jumat 3 April 2014. Informasi tersebut bersumber dari pejabat Pemkab yang menemui Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Sobo, Syamsi. Menurut Syamsi, setelah mendengar informasi dari oknum pejabat yang tidak bersedia disebutkan namanya tersebut, pihaknya langsung merapatkan barisan untuk menolak rencana penggusuran pasar tersebut. "Informasi yang saya dapat, pasar Sobo ini akan digusur untuk pembangunan terminal wisata terpadu," ujar Syamsi. Menurut Syamsi, pedagang Pasar Sobo akan tetap mempertahankan diri dengan berbagai cara untuk bertahan dari penggusuran. Bahkan, mereka akan mengancam Golput

SELASA, 8 APRIL 2014

up*26/2-27/3/14

up*20/3-20/4/14

JUAL ANYAMAN WEBBING ROTAN Spesialis Anyaman Antik Harga: Webbing Clos 3mm 38.000/m2, Webbing Clos Sendit 3mm 61.000/m2, Webbing Clos FOC 3mm 41.000/m2, Webbing Square 2,5mm 35.500/ m2, Webbing Open 2,5mm 60.000/m2, Anyaman 33 2,5mm 66.000/m2 Hub. Pak Yanto Telp. 031-70950008, 081332208448

JUAL / BELI ALAT FITNES Baru/Second Murah Hub: Kutisari Telp : 031-70761321, 71574200,Pratama Telp: 031-7521819, 0816521819,Pucang Anom Telp: 03177500065,33019867 (Devisi Olahraga)

up*19/3-19/4/14

hw*1/4-2/5/14

hw*19/3-19/4/14

hw*8/4-10/5/14

yang punya hak pilih untuk datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya dengan baik. Awasi pelaksanaan Pemilu dan jangan Golput," tandas dia. Hal senada dinyatakan Ketua PC IPNU Jombang, Abdul Rosyid. Menurutnya, Pemilu menjadi penentu arah dan kondisi bangsa pada 5 tahun kedepan, sehingga para santri, pelajar dan mahasiswa diharapkan tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk memilih wakil terbaik sesuai pendapat masing-masing. Ketua PC Gerakan Pemuda Ansor Jombang, Solahul A'm Notobuwono mengungkapkan, sikap golput yang d iambil masyarakat pemegang hak pilih dalam Pemilu Legislatif 9 April besok, berpotensi melahirkan kecurangan baru. Potensi kecurangan yang dimaksud adalah pencurian suara golput dan memanfaatkan surat suara yang tidak dicoblos untuk diberikan perolehan suaranya kepada caleg tertentu.(jbg-1/lan)


4

HARIAN BANGSA SELASA, 8 APRIL 2014

Coblosan, BI Liburkan Kegiatan Operasional

Kadin Ingin Kelola BBM untuk Nelayan

SURABAYA - Menunjuk surat keputusan Dewan Gubernur Bank Indonesia No.16/17/KEP.GBI/INTERN/Tahun 2014 tanggal 26 Maret 2014 perihal Hari Libur dalam rangka Pelaksanaan Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD 2014, Bank Indonesia Wilayah IV Jawa Timur mel iburkan kegiatan operasional, Rabu (9/4). “Pada tanggal 9 April 2014, pelaksanaan kegiatan operasional Sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Bank Indonesia-Scripless Securities Settlement System (BISSSS) dan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) serta layanan kas ditiadakan (tutup) karena ditetapkan sebagai hari libur,” kata Direktur Deputi Kepala Perwakilan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah IV, Hamid Ponco Wibowo, Senin, (7/4). Pelaksanaan kegiatan operasional Sistem BI-RTGS, BI-SSSS dan SKNBI serta Layanan Kas diadakan (buka) kembali tanggal 10 April 2014. “Kepada semua peserta kliring lokal di wilayah kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah IV Jawa Timur diharapkan maklum,” pungkas Ponco. (nis/sta)

Jakarta – HARIAN BANGSA Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perikanan dan Kelautan Yugi Prayanto mengaku prihatin dengan kondisi nelayan di Indonesia yang tidak diperhatikan pemerintah. Salah satunya terlihat dari sulitnya nelayan memperoleh bahan bakar untuk melaut. Mel ihat kond isi ini, Yugi meminta pemerintah memberikan wewenang kepada Kadin untuk ikut menyalurkan BBM ke nelayan. Dia mengklaim Kadin sudah mempunyai infrastruktur hampir di setiap daerah. "Sekarang kuota BBM untuk nelayan itu 1,4 juta kiloliter tapi yang diserap nelayan hanya 300.000 liter," ucap Yugi di Kantor Kadin, Jakarta, Senin (7/4). Kad in pede bisa menjaga subsidi tepat sasaran untuk nelayan. "Ini sebenarnya membantu pemerintah mengurangi subsidi agar tepat guna dan tepat sasaran. Nanti Kadin beli dulu dari luar kita supply nelayan. Kita ambil subsidinya, tapi Kadin harus

Inflasi Kota Malang Tertinggi di Jatim MALANG - Angka inflasi Kota Malang, Jawa Timur, pada Maret 2014 yang mencapai 0,43 persen menjadi yang tertinggi di Jatim, bahkan melampaui inflasi provinsi itu yang mencapai 0,23 persen. Kasi Statistik dan Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang Erny Fatma Setyoharini, Senin, mengatakan dari delapan kota/kabupaten di Jatim yang disurvei inflasi dan indeks harga konsumen (IHK)-nya, Kota Malang yang paling tinggi angka inflasinya. "Ada 10 komoditas yang menjadi penyumbang inflasi terbesar di Kota Malang karena adanya kenaikan harga, yakni cabai rawit, rokok kretek, minyak goreng, rokok kretek filter, bawang merah, beras, bawang putih, semen, pasir, dan tarif angkutan udara," katanya, Senin (7/4). (ant/sta)

Kadin ingin kelola pasokan BBM untuk nelayan. Selama ini, nelayan selalu kesulitan untuk mendapatkan BBM bersubsidi. ada untung," tambahnya. Menurut Yugi, cara seperti ini jauh lebih profesional daripada pemerintah harus memberi subsidi tapi tidak tepat sasaran.

"Distribusi nanti pemerintah juga ikut. Kita akan profesional, yang penting transparan dan tepat sasaran," tutupnya. Di sisi lain, Menteri Keua-

ngan Chatib Basri menjamin harga BBM bersubsidi tidak akan naik tahun ini. Pasalnya pemerintah sampai saat ini belum ada pertemuan untuk membahas kenaikan harga BBM bersubsidi.

PT Pelindo III Setor Rp 1,12 Triliun ke Negara Surabaya – HARIAN BANGSA Direktur Utama PT. Pelindo III (Persero), Djarwo Surjanto, mengatakan pihaknya telah menyetor uang kepada negara senilai Rp. 1,12 triliun. Setoran itu berupa pajak sebesar Rp. 694 miliar, kontibusi jasa pemanduan dan penundaan Rp. 6 mil iar serta deviden sebesar Rp. 420 miliar. Kontribusi perseroan kepada negara tahun ini lebih besar dari tahun sebelumnya. Menurutnya, tahun 2012 lalu Pelindo III menyetor sekitar Rp 937 miliar kepada negara. “Kontribusi kami kepada negara secara keseluruhan naik 19,5 persen. Itu tak lepas dari meningkatnya pendapatan dan laba Pelindo III di tahun 2013 kemarin,” kata Djarwo. Lebih lanjut Djarwo mengatakan, perseroan mengalami pertumbuhan keuangan yang cukup signifikan. Ia merinci

pendapatan perusahaan di tahun 2013 sebesar Rp5,12 triliun dengan laba bersih sekitar Rp1,2 triliun. Djarwo membandingkan kondisi tersebut dengan tahun sebelumnya. Katanya, tahun 2012 lalu pendapatan Pelindo III tercatat sebesar Rp4,42 triliun dengan laba bersih sekitar Rp950 miliar. “Meningkatnya pendapatan dan laba Pelindo III tak lepas dari peningkatan arus kapal dan barang di pelabuhan-pelabuhan yang kami kelola,” terangnya. Arus kapal di seluruh pelabuhan yang dihimpun perusahaan menyatakan bahwa arus kapal meningkat dari 74.915 unit di tahun 2012 menjadi 78.189 unit di tahun 2013. Peningkatan arus kapal juga didukung dengan ukuranukuran kapal yang semakin besar. Jika sebelumnya tercatat 262.790 GT, di tahun 2013

PRESTASI - Direktur Utama PT. Pelindo III, Djarwo Surjanto (nomor tiga dari kiri) bersama Komisaris dan Jajaran Direktur. foto istimewa

tercatat 298.607 GT. Demikian halnya dengan arus barang. Djarwo menyontohkan kenaikan arus barang yang cukup terlihat terjadi pada arus petikemas. Tahun 2012 lalu, jumlah petikemas yang melalui pelabuhan Pelindo III sebanyak 3,9 juta TEU’s. Sedangkan di tahun 2013 kema-

rin, jumlah itu meningkat menjadi 4,1 juta TEU’s. Katanya, hal itu menunjukkan bahwa pelabuhan-pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III mulai ramai. Bahkan ada beberapa pelabuhan yang membutuhkan pengembangan guna mengantisipasi kelebihan kapasitas. Serang-

kaian pengembangan dan peningkatan layanan dimaksud diantaranya di Pelabuhan Tanjung Perak, Terminal Petikemas Semarang (TPKS), dan Pelabuhan Banjarmasin. Pelabuhan Tanjung Perak misalnya, pelabuhan terbesar di lingkungan Pelindo III itu sudah terancam kelebihan kapasitas. Oleh karenanya, Pelindo III telah melakukan pembangunan Terminal Teluk Lamong guna mengantisipasi kelebihan kapasitas tersebut. Proyek yang menelan biaya sekitar Rp3,4 triliun itu rencananya akan diuji coba pada bulan Mei mendatang. “Perkembangan pembangunan fisik kini sudah mencapai 90 persen dan alat bongkar muat diperkirakan akan tiba pada bulan April 2014. Kami optimis Terminal Teluk Lamong bisa diuji coba Mei 2014 mendatang,” pungkas Djarwo. (adv/sb-3/sta)

OTOMOTIF

DAFTAR AGEN WILAYAH SURABAYA - SIDOARJO SURABAYA SELATAN Hanar Kotim Mujiono Parlyn Agc Samaji Suraji

JL.Kedung Doro 163 T.5473389, 70641097 Drop Memo Bursa Kotim Lidah Wetan Gg 6/20 T.7532914,70906397 Kedung baruk 71 rungkut T 8792004,8706670 Jl.Raya no.201(ALOHA KEBARAT) T.8530615 Jl.Ngelom V /228 Drop JP T.7885068

SURABAYA TIMUR Jamil Mulyono P.Ashari Retno wardani S.suroso Nyoto Bp.hendrik David yusuf Hany Jakram Khuluq M.Arifin Qosim Shohifan Sulatin/ nurhaidi Sulikah

Drop memo Jamil T.8419767 Tempurejo 63 T.5929612,71189510 Jojoran I/B-13 Drop Memo Ashari 71616849 Mojoklangu Wetan III/12 T.5942347,70349086 Kertajaya XIIc/ 93B T5021710 Kendang Sari IV NO.11 Rangkah GgV/27D Drop memo T.70233392 Sidonipa I No.8 drop Radar Sby t.3727529 Pandean II/45 T.5317579 PPI Perak Drop.Memo Jakram T.3573320 Tempurejo Gg II/10 drop memo T.70991321 Pragoto Nyamplungan AsemV/7drop MemoT3576141 Jl. Simolawang II/37 T.3720646 Jl. Tambak Sumur 16/17 T.8675329,70980917 Sidotopo Wetan176B/ drop MemoT.71233666 Jl. Ikan Sepat V/ 7 T.3535425

SURABAYA BARAT Bp Gatot

Simogunung 993 /IIA T.5674723

SIDOARJO Badrus Basori Candra Biiyi Eko Santoso H.Mahfudz Hanuri Haris agency Sutrisno Suyanto Tito agency Yulius Hendra

Sawongaling 2 No.56 T.78884495 Jl. Gedangan 170 T.8544482 Drop Agc Khoiri Jl. KH.Dahlan 9 Porong T. 851272 JL.KH. Mukmin 39 T.8961647 Perum Pabean Asri Sedati Drop Hanuri T.8679452 Jl.Banjar Kemantren Masp T.8969925 Pabean Asri T/4 Sedati Juanda 70370134 Drop Toko Diba Jl.Sawo 1 RT14/2 Sukodono T.08123182472 Trunojoyo 30 Drop Haris 8967252 Pos Polisi Jenggolo Sda

KEHILANGAN MOTOR

SEWA MOBIL

TRENGGALEK

SURABAYA

**ELLY RENT CAR** Menerima Carteran Mobil + Driver Luar Dalam Kota Hub: 031-31226478, 082136052979, 085854461757

STNK AG 4031 ZW A/N SUYANTI D/A RT.006/ 002 REJOWINANGUN KEC/KAB TRENGGALEK

STNK MTR HONDA L 5699 AF A/N JATI WIYONO D/A JL.TENGGILIS KAUMAN 2/47 C SBY

8/4/14

wan*8/4/14

hw*15/3-14/4/14

STNK AG 3630 ZU A/N MUTINI D/A RT.05/02 JAMBU TUGU TRENGGALEK

STNK MTR YMH JUP Z TH.09 W 5863 SN A/ N BAMBANG SUGIHANTO D/A JL.PERUM TNI AL D6/8 SDA

KURSUS MBL DJOEN MT/AT-SIM & STNK HUB: 031-7320331, 082894057478 RAYA KUPANG JAYA 19 SBY HUB: 031-5054606, 031-34211819 NGAGEL JAYA SELATAN 16 SBY PK.07.00 S/D 22.00 HRG PROMO hw*15/3-14/4/14

fn*6/3-6/4/14

“PROMO PAKET TOUR” ARLINTA 031-70262428, 71761674, 8714795, 08123501089 Email:arlinta_transport@ yahoo.co.id Website:www.arlinta transport. com Mywakan Avanza, Innova, ELF, Hiace Comuter, Pregio, Travello, T.Altis, New Camry, Xerena, Fortuner, Alphard, Vellvire, Mercy New Eyes S350+S500, Mini Bus, Tape, Rec, Seat, Hri/Bln-an, D/L Kota, Mbl baru2, Rute Jawa-Bali dg Sopir Brpglaman & Sabar

8/4/14

STNK AG 2605 YR A/N NYAMIDI D/A RT.09/ 04 NGRAYUNG GANDUSARI TRENGGALEK 8/4/14

STNK AG 2434 ZB A/N SULASTRI D/A RT.03/ 02 SUMBERDADI TRENGGALEK 8/4/14

STNK AG 8111 UY A/N SLAMET D/A RT.15/04 KARANGAN TRENGGALEK

ANUGERAH Telp. 031-70575627, 08123239560 Innova, Avanza, Xenia, Livina, Travello, Elv, BBM + Sopir Murah

wan*8/4/14

STNK MTR HND TH.10 L 6850 DY A/N SONY HERMAWAN D/A JL.MANYAR SABRANGAN 2/10 SBY

8/4/14

fn*7/4-6/5/14

PASURUAN

wan*8/4/14

HLG STNK SPDM YAMAHA TH’11 NOPOL N 3182 XQA/N BUDI WIJAYAD/A JL.IRIAN JAYA TRAJENG GADINGREJO PASURUAN 8/4/14

SURABAYA

TERIMA GADAI Mobil / Motor Hanya STNK yg Masih Masa Kredit. Hub: 082333250007, 085931172789

STNK MTR HND TH.92 L 2197 DU A/N ISNANDI D/A JL.WONOREJO TMR 7/3 SBY

SIFA MOTOR Terima Sepeda Motor Segala Merek. Hub: 031-78627106, 087852608291

up*19/3-20/4/14

hw*15/3-14/4/14

MOBIL

SEWA MOBIL

JASA ANGKUT ANGKUTAN PINDAHAN, Rumah / Kantor, Dll. Dalam Kota / Luar Kota. Hub: 0318470310, 70740990 hw*12/3-11/4/14

MITSUBISHI PROMO Pick Up & Truck DP Murah. T12OSS DP 11 Jt-an, L300 DP 25 Jtan, Colt Diesel Super Speed DP 33 Jt-an. Wilayah Surabaya - Sidoarjo. Dapatkan Bonus MenarikLainnya. Segera Hub: 03134177660

fn*4/4-3/5/14

wan*8/4/14

wan*8/4/14

STNK MTR HND NF125TR TH.09 L 6615 PF A/N NIHAR D/A JL.KUPANG SEGUNTING 5/4 SBY

STNK MTR YMH MIO TH.11 L 5943 EM A/N DIAN NOVITA S D/A JL.KEDUNG COWEK 73 SBY wan*8/4/14

STNK MTR HND NC11C TH.12 L 5761 BZ A/ N MELANIA MARISSA D D/A JL.WIGUNA TMR REG 11/18 SBY wan*8/4/14

STNK MTR HONDA L 5245 EI A/N PADI D/A JL.KARANG GAYAM WTN 3/6 SBY wan*8/4/14

STNK MTR HONDA L 6503 BJ A/N IDA AJU B D/A JL.MANYAR TIRTOASRI 11/45 SBY

hw*18/3-17/4/14

fn*4/4-5/5/14

up*18/3-17/4/14

hw*14/3-13/4/14

rus*8/4/14

HILANG STNK SPD MTR HONDA L 3791 FV AN ACHMAD ERNANISON SETRO TENGAH NO 26 SBY

wan*8/4/14

rus*8/4/14

HILANG STNK SPD MTR HONDA ASTREA STAR TH87 L 2941 AI AN FAOHAHAUBADODO MENDROFA TUWOWO REJO 5/25 SBY

wan*8/4/14

STNK MTR YAMAHAL 5123 ETA/N YULI EKA WATI D/A JL.LEBAK TMR ASRI 21 SBY

STNK MTR HONDA L 3146 FN A/N DARMANTO D/A JL.MOJO KIDUL 117 SBY

MJ RENT A CAR Hub. 031-70777306, 03177725563, 8669320, 08121703970, New Eyes, Camry, Altis, Alphard, ELF, Pregio, Travello, Avanza, LGX, Innova, Bus AC Pariwisata 29,30,43,60 + Toilet, TV, CD, Karaoke, Recleaning Seat dan Terima Kontrak Bulanan / Tahunan

rus*8/4/14

HILANG STNK SPD MTR HONDA TH06 L AFZ0W JG AN ROHIBUN AKHMAD WONOCOLO PABRIK KULIT 49 SBY

STNK MTR HND NC12A TH.13 L 6419 TE A/ N ANANG SETYO B D/A JL.TELUK NIBUNG BRT 8/5 SBY

wan*8/4/14

hw*19/3-19/4/14

rus*8/4/14

HILANG STNK SPD MTR HONDA TH14 L 5549 FQ AN THOMAS SATRIANDITO S SEMOLOWARU TIMUR 2/1B SBY

ANTAR - JEMPUT Sekolah TK, SD, SMP, SMA / Karyawan / Borongan dari Sby Barat (Petemon, Tidar, Arjuna, Dukuh Kupang, Darmo, HR.Muhammad) Menuju ke Sby Pusat. Hub: 031-71906556, 085733268763

wan*8/4/14

KURSUS MOBIL

wan*8/4/14

HILANG STNK SPD MTR HONDA GLM TH13 L 2724 DM AN PARDI RUNGKUT LOR 7 MASJID 41 SBY

STNK MTR YAMAHA L 4889 BQ A/N IDAAJU B D/A JL.MANYAR TIRTOASRI XI/45 SBY

STNK MTR YAMAHA L 4979 CU A/N SARIYONO D/A JL.MENUR 20 A SBY

fn*8/3-7/4/14

STNK MTR HND NF100SE TH.08 L 5846 VF A/N NANIK SRI M D/A JL.PDK MARITIM INDAH AK/9 SBY

ANTAR JEMPUT

hw*6/4-7/5/14

up*8/4-9/5/13

wan*8/4/14

STNK MTR HND NF100LD TH.05 L 4813 DB A/N KUSAINI D/A JL.ASEM JAYA 4/21 SBY

STNK MTR YMH TH.00 M 3972 GB A/N M SULI D/A JL.KELBUNG SEPULU BANGKALAN

wan*8/4/14

up*25/3-25/4/14

STNK MTR HND TH.09 L 6504 CJ A/N MUNAWAROH ICHTIVAR D/AJL.JOJORAN 5 TMR C/27 SBY

wan*8/4/14

wan*8/4/14

SERVICE MOBIL KIA - HYUNDAI, Melayani Dalam & Luar Kota Emergency Call Hub. 031-77169465, 08123237573

wan*8/4/14

STNK MTR YMH TH.08 L 6748 NU A/N SITI FARIDA D/A JL.TELUK NIBUNG 1 SBY

GADAI

SERVICE

wan*8/4/14

STNK MTR HND NC11B TH.12 L 4711 YAA/N MOCH LUKMAN H, SH D/A JL.BANYU URIP KDL 10E/16 SBY

8/4/14

hw*8/4-10/5/14

up*15/3-14/4/14

wan*8/4/14

STNK MTR SZK EN125 A TH.08 W 5025 RH A/N MARDIYATNO D/AJL.GAJAH MAGERSARI RW.6 RT.18 SBY

STNK AG 4812 YB A/N BAMBANG SUPRIYANTO D/A RT.03/02 DURENAN TRENGGALEK

hw*22/3-22/4/14

up*4/3-3/4/14

"Supaya clear, pemerintah nggak mau naikin BBM setelah pileg," ujar Chatib di Diskusi bertajuk "Menyongsong Peta Baru Kebijakan Ekonomi Indonesia," Hotel Borobudur, Senin (7/4). (mer/kcm/sta)

rus*8/4/14

HILANG STNK SPD MTR YAMAHAMIO J TH12 L 5612 CE AN EVIE CHRISTINA PERUM BUMI AYU NO 12 SBY rus*8/4/14

HILANG STNK SPD MTR HONDA TH02 L 2196 DO AN SADINO PERUM DOSEN ITS BLOK D6 SBY

wan*8/4/14

rus*8/4/14

STNK MTR HONDA L 2356 OB A/N SUSANTO HENDRAYADI AMD D/A JL.RESIDEN SUDIRMAN 68 SBY

HILANG STNK SPD MTR HONDA TH14 L 6323 YZ AN MUCHAMAD ERFAN EFENDI PAKAL BARAT 2/4 SBY

wan*8/4/14

rus*8/4/14

STNK MTR HONDA TH.2000 A/N JONI LUTHER D/AJL.PANDUGO BARU SBY wan*8/4/14


5

HARIAN BANGSA

SELASA, 8 APRIL 2014

Belum Kantongi Perijinan

Tiga Tower Seluler

Disegel BELAJAR – Sejumlah siswa SMPN 6 Kota Mojokerto saat belajar membatik di depan Walikota Mojokerto H Mas’ud Yunus, Senin (7/4). foto : aris/HARIAN BANGSA

Siswa Membatik depan Walikota

Mojokerto – HARIAN BANGSA Sejumlah siswa SMPN 6 Kota Mojokerto unjuk gigi di depan Walikota Mojokerto H Mas’ud Yunus, Senin (7/4). Di depan wal ikota, mereka menunjukkan kepiawian menorehkan canting berisi lilin di atas kain bermotif, bahan kain batik. Kegiatan itu dilakukan usai para siswa SMPN 6 mengikuti

Sibuk Pileg, Sidang Minim Anggota Mojokerto – Sidang paripurna DPRD Kota Mojokerto dengan agenda pembacaan rekomendasi DPRD atas LKPJ Walikota TA 2013, Senin (7/4), minim kehadiran anggota dewan. Absennya para wakil rakyat dalam rapat paripurna istimewa itu diduga karena kesibukan jelang Pileg 9 April nanti. Dari 25 anggota Dewan, hanya 13 orang yang hadir, diantaranya tiga pimpinan Dewan. Meski agenda paripurna merupakan hasil godokan pendapat akhir fraksi-fraksi yang dikerucutkan Jum'at pekan lalu, namun dari tujuh fraksi yang ada, tiga ketua fraksi murni dan dua ketua fraksi gabungan absen. Mereka yang absen, yakni ketua F-PAN, Syaiful Arsyad, ketua F-PDIP, Gatot Supriyadi, ketua FPD, Paulus Swasono Kukuh, ketua Fraksi Peduli Hati Nurani dan Keadilan, Odik Prayitno dan Fraksi Persatuan Keadilan Nasional, Riha Mustofa. Ketua DPRD Kota Mojokerto Mulyadi dengan enteng mengatakan jika rapat paripurna tidak perlu kuorum. "Ada aturannya dan harus rapat paripurna tidak harus kuorum," katanya. Sedangkan Wakil Ketua DPRD Yunus Suprayitno yang tampil memimpin sidang sebagai hal yang wajar. “Ya wajar saja. Suasananya demikian (menjelang Pileg)," ujar politisi asal PDIP itu. Ketua Badan Kehormatan (BK), Bedjo Edy Utomo juga mengaku memaklumi jika sejawatnya absen. "Ya bisa dimaklumi. Kondisi sekarang kan injury time Pileg. Jadi ya sedang sibuk-sibuknya mempersiapkan diri menghadapi coblosan yang kurang dua hari lagi," ujarnya. Dan lagi, ujar politisi Partai Golkar tersebut, rapat paripurna istimewa tidak perlu kuorum. (yep/sta)

upacara ujian nasional (UN) yang digelar di sekolah itu dengan inspektur upacara (irup) H Mas’ud Yunus. “Kegiatan belajar membatik ini kami harapkan mampu menumbuhkan kecintaan siswa pada seni budaya asli Indonesia,” cetus seorang guru SMPN 6 Kota Mojokerto. Di sela melihat kegiatan membatik yang dilakukan siswa SMPN

6 itu, H Mas’ud Yunus menyatakan, pembelajaran membatik pada siswa diharapkan dapat mengenalkan siswa pada nilainilai budaya yang diwariskan ke mereka. “Sebagai generasi muda harus mencintai budaya dan produk lokalnya seperti membatik ini,” cetusnya. Dia juga berharap batik asal Kota Mojokerto memiliki ciri

Warga Dawar Blandong Berebut Air Bersih Mojokerto - HARIAN BANGSA Belum lama musim hujan berlalu namun kekeringan sudah terasa di seluruh wilayah Mojokerto khususnya wilayah utara sungai (Brantas). Seperti yang terjad i d i Desa Pucuk Kecamatan Dawar Blandong. Warga d i wilayah dengan struktur tanah yang kering dan tandus ini kekurangan air bersih dan rela mengantri walau harus berebut dengan warga lainnya. Warga yang mayoritas kaum perempuan ini mengantri untuk mendapatkan bagian air bersih dari kiriman para relawan Majapahit Brawijaya dan pemuda Palang Merah

Indonesia yang sudi meluangkan waktu dan tenaga sebagai bentuk rasa peduli mereka. Para ibu-ibu itu menata jurigen atau ember serta alat penampung air yang bisa mereka gunakan sebagai penampungan air bersih sementara. Uniknya, setelah mendapatkan air bersih, mereka memilih bergerombol dan berebut lagi untuk mendapatkan air bersih sebanyak banyaknya. Menurut sejumlah warga, kekeringan dan kekurangan air bersih hampir mencapai seluruh wilayah kecamatan. “Dari air bersih hingga MCK sul it d idapat d isini,” tutur

seorang warga. Kesulitan air bersih, menurut warga, sudah berbulan bulan mereka rasakan. Warga tidak bisa mengandalkan air dari PDAM karena saluran air PDAM hanya mengalir seminggu sekali. Bahkan dua bulkan terakhir tidak mengal ir lagi. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih yang layak untuk konsumsi, warga harus berjalan keluar desa sejauh satu setengah kilometer. Sayangnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto Tanto Haryad i belum berhasil dikonfirmasi, Senin (7/4). (gun/sta)

DIDUGA ASET–Lahan yang diduga aset desa dan kini sudah beralih ke pengembang. foto : bambang dj/ HARIAN BANGSA

Nganjuk – HARIAN BANGSA Sekretaris Desa (Sekdes) Desa Palem Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk, Imam Hidayat, dilaporkan ke Polres Nganjuk karena diduga telah menjual tanah aset desa. Dia diduga telah menjual lahan aset desa yang lokasinya di Dusun Klinter, Desa Palem Kecamatan Kertosono Nganjuk. Menurut Ahmad Roji, warga

desa setempat, tanah yang diduga telah dijual ke pengembang itu rencananya akan dibangun sebuah pabrik sepatu. “Saya heran bahwa kedua bidang tanah tersebut dimiliki sekdes (carik) tertanggal 1980, padahal carik sendiri lahir tahun 1971,” kata Roji, Senin (7/4). Dijelaskan, bahwa dua bagian tanah yang asal mulanya jalan kereta angkutan tebu (lori) de-

ngan luas 629 m2, dan juga tanah bekas irigasi yang telah beralih fungsi menjadi jalan persawahan dengan luas 829 m2. Ternyata tanpa sepengetahuan warga desa telah beralih hak milik, menjadi milik Imam Hidayat dengan bukti kepemilikan leter C desa sejak tahun 1980. Sedangkan, tanah bekas jalan lori tersebut, pada waktu itu diserahkan PG kepada Pemkab Nganjuk, dan pada tahun 1994 oleh Pemkab Nganjuk pengelolaanya diserahkan kepada desa. “Saya melihat jelas ada keanehan, kalau tahun 1980 sudah d ikuasai carik,” cetus Roji diamini Muhajir, warga lainnya. Diduga kepemilikan tanah aset desa menjadi tanah milik pribad i Imam hidayat tersebut merupakan rekayasa Imam Hidayat selaku sekdes setempat, karena lahan tersebut akan d ibel i pabrik dengan nilai jual tinggi. “Jelas ini ada permainan untuk mencari keuntungan pribadi,” kata Muhajir. (bam/sta)

Gus Sholah Minta Masyarakat Waspadai Kecurangan Jombang - HARIAN BANGSA Pengasuh Pesantren Tebuireng Jombang, KH Salahudin Wahid (Gus Solah), meminta agar masyarakat tidak tinggal diam jika menemui kejanggalan dan kecurangan dalam penyelenggaraan Pemilu Legislatif (Pileg) 2014, 9 April besok. Pesan itu disampaikan saat acara Polres Jombang Bersalawat di Mapolres Jombang, Minggu (6/4) malam. Menurut Gus Sholah, Pengawasan perlu dilakukan mulai dari pemungutan suara hingga penetapan hasil Pemilu. Selain berpesan kepada masyarakat, Gus Sholah juga meminta agar Polri juga turut mengawal pelaksanaan Pemilu dan menjadi bagian penting dari pencegah perilaku kecurangan Pemilu. ’’Sebab saya masih mendapat banyak laporan

terkait kecurangan dalam pemilu,’’ ungkapnya. Gus Sholah mengaku mendapat cerita dari temannya yang menjadi anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) terkait banyaknya laporan kecurangan dan praktek kotor dalam pemilu. Kecurangan dilakukan dengan melibatkan penyelenggara pemilu. ’’Jadi ada manipulasi dengan memindahkan perolehan suara seorang caleg pada caleg lain,’’ ujar dia. Pada situasi itu, kata Rektor Unhasy Tebuireng Jombang ini, polisi bisa memainkan perannya untuk melakukan pencegahan kecurangan Pemilu. "Polisi bisa mencegah (praktek) itu. Kapolres bisa memerintahkan anggotanya yang di TPS (tempat pemungutan suara) agar memotret

Madiun, Tony mengaku hal itu disebabkan adanya pembagian tugas di setiap provider. Yakni divisi satu pencarian dan membebaskan lahan, divisi dua pengerjaan proyek tower serta divisi ketiga yang mengurus perizinan. "Hampir semua provider menerapkan sistem ini. Makanya kadang divisi 1 dan 2 sudah menyelesaikan pekerjaannya divisi 3 belum menyelesaikan pekerjaannya sama sekali," ungkapnya. Sedangkan ketiga tower yang belum berizin itu melanggar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 11 Tahun 2010 tentang Izin Gangguan (HO), Izin Lingkungan dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). "Pokoknya, kami tak mau segel dirusak. Kalau ada perusakan nanti berurusan dengan Satpol PP Pemkab Madiun," tegasnya. Kepala Dusun (Kasun) Jatimungal, Agus Samsuri menegaskan jika tower di kampungnya itu dibangun di tanah milik Lasimun warga Desa Mojorayung, Kecamatan Wungu. Sedangkan lahan persawahannya ada di Dusun Jatimungal, Desa Bantengan, Kecamatan Wungu. "Soal izin kami tak tahu. Yang jelas bangunan tower itu dikerjakan sekitar sebulan lalu dan hampir selesai," ungkapnya. Kepala Desa (Kades) Bantengan, Wawan Prasetyo menegaskan jika pihaknya tak mengetahui masalah perizian itu. Namun, jika pihak kecamatan sudah mempersilahkan pembangunan tower biasanya masalah sosial isasi d i l ingkungan sekitar bangunan tower sudah selesai. Soal ijin ke KPPT Pemkab Madiun, dia mengaku tidak tahu sebab belum dibicarakan dengan desa. (stc/sta)

Sekdes Dilaporkan Jual Aset Desa

Muliyono Tewas Terlindas Truk Kontainer MOJOKERTO – Muliyono (49) warga Dusun Betek Selatan, Desa Betek, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Mojokerto tewas seketika di Jalan Raya Trowulan, Desa Watesumpak, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Senin (7/4). Korban tewas setelah tubuhnya terlindas roda belakang truk kontainer. Kanit Laka Satlantas Polres Mojokerto, Iptu Sariyanto mengatakan, saat kejadian korban mengendarai sepeda motor Honda Supra X warna hitam nopol S 6439 TA. "Korban dari arah Mojokerto menuju Jombang, di lokasi kejadian korban berusaha mendahuli sebuah truk kontainer," ungkapnya. Menurut dia, korban mendahului truk kontainer nopol L 9066 UX yang dikemudikan, Eko Edy Purwanto (39) warga Desa Kalianyar, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk dari kanan. Namun motor korban menabrak median jalan hingga terjatuh masuk ke kolong truk dan terlindas roda belakang sebelah kanan truk. Sopir kontainer, Eko Edy Purwanto (39) mengatakan, korban akan mendahului dari arah kiri. "Disaat bersamaan, ada sebuah mobil pick up yang akan masuk ke gang sehingga korban mencoba mendahului dari sisi kanan. Saya melaju kecepatan sedang, tiba-tiba dia jatuh ke kolong truk dan saya tidak sempat mengerem," tuturnya. (bjt/sta)

khas yang berbeda dengan daerah lain. Katanya produk, jasa dan layanan di kota Mojokerto harus unggul untuk mendukung sebagai kota pelayanan. Karena dengan produk dan layanan yang baik, didukung dengan masyarakat yang percaya dengan produk sendiri, maka bisa mengembalikan jati diri ekonomi bangsa. (ris/sta)

Madiun – HARIAN BANGSA Satpol PP Pemkab Madiun menyegel tiga tower seluler di wilayah Kabupaten Madiun karena diketahui belum mengantongi perijinan. Petugas penegak peraturan perda (perda) itu meminta pembangunan tower dihentikan sementara hingga pengelola mengantongi perijinan. Tiga tower yang disegel terletak di Dusun Jatimungal Desa Bantengan Kecamatan Wungu, Desa Cermo Kecamatan Kare dan Desa Ketawang Kecamatan Dolopo. Dua diantara tiga tower itu, telah disegel sebelumnya, yakni yang ada di Desa Cermo, Kecamatan Kare dan Desa Ketawang Kecamatan Dolopo. Kasi Trantib Satpol PP Madiun Tony Agus Purnomo menyatakan, saat ini di wilayah Kabupaten Madiun ada sebanyak 129 tower seluler dan semuanya memiliki ijin. “Akan tetapi, tiga bangunan tower yang kami segel itu belum berizin semua. Bangunannya masih baru," cetusnya, Senin (7/4). Tony menjelaskan, khusus bangunan tower seluler di Desa Bantengan, Kecamatan Wungu, sosialisasi di tingkat lingkungan dan pemil ik tanah sudah diselesaikan. Sedangkan perijinan di tingkat Desa, Kecamatan dan Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Pemkab Madiun belum dilaksanakan sama sekali. Karena itu, Satpol PP meminta pembangunan diberhentikan. “Termasuk semua kegiatan karena sudah kami pasang spanduk segel dan kami gembok mengunakan rantai. Kalau mau diteruskan silahkan mengurus izin ke KPPT dahulu," tegas Tony. Mengenai kerapnya kasus tower seluler yang tak mengajukan izin ke KPPT Pemkab

AWASI – KH Salahudin Wahid (Gus Solah) saat acara Polres Jombang Bersalawat, di Mapolres Jombang, Minggu (6/4) malam. foto m syafi’i/HARIAN BANGSA form C-1 yang berisi perolehan suara sah,’’ jelas Gus Sholah. Dengan demikian, lanjut mantan anggota Komnas HAM ini, indikasi adanya kecurangan bisa diidentifikasi oleh kepoli-

sian jika terdapat perbedaan perolehan suara, dari KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara), PPS (panitia pemungutan suara) tingkat desa maupun PPK di tingkat Keca-

matan maupun KPU. Kapolres Jombang, AKBP Tri Bisono Soemiharso, menegaskan adanya sanksi pemecatan bagi anggota Polri yang terbukti tidak netral. Anggota Polri yang bertugas di PPK maupun PPS tidak boleh memihak salah satu partai politik. "Kalau ada anggota yang terbukti tidak netral, akan mendapat sanksi tegas berupa pemecatan," katanya usai apel pergeseran pasukan pengamanan Pemilu, Senin (7/4) petang. Dia menambahkan, anggota polisi yang bertugas sebagai pengaman Pemilu, baik di PPS maupun PPK tidak diizinkan meninggalkan lokasi. Dari 716 petugas yang disebar di seluruh pelosok wilayah Jombang, anggota Polri tidak dibekal i senjata api. (jbg-1/sta)

DISEGEL – Satpol PP Pemkab Madiun saat menyegel tower yang belum miliki perijinan, Senin (7/4). foto repro stc

Ringkus Residivis Penipuan Mobil Madiun – HARIAN BANGSA Sebanyak dua anggota sindikat pencurian dan penipuan mobil dan motor diringkus petugas Satuan Reskrim Polres Madiun. Keduanya, Karman Afandi (35) warga Desa Kota Baru, Kecamatan Lubay, Kabupaten Muaraenim, Palembang, Sumatera Selatan yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) warga Kelurahan Tambakbayan, Kecamatan/Kabupaten Ponorogo. Sedangkan rekannya, Rustam Yulianto (29) warga Kelurahan Demangan, Kecamatan Taman, Kota Madiun yang tak jauh dari Markas Polres Mad iun.Keduanya merupakan resid ivis kasus pencurian dengan hukuman selama 2,3 tahun yang ditangani Polres Madiun Kota beberapa waktu lalu dan sudah menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas I Madiun. Mereka mulai beraksi lagi usai berkenalan di dalam Lapas kelas I Madiun itu. Sejumlah aksi kejahatannya dengan modus pencurian, penipuan dan penggelapan motor dan mobil itu di wilayah Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo serta d i Kabupaten Ngawi. “Mereka kenal di dalam Lapas kelas I Madiun. Setelah keluar mereka kambuh mencuri dan menipu lagi dengan berbagai modus operandi," terang Ka-

polres Madiun, AKBP Rakhmad Setyadi, Senin (7/4). Mantan Kapolres Bojonegoro ini mengungkapkan dalam kasus terakhir, yakni penipuan dan penggelapan mobil Toyota Avanza mil ik warga Desa Dimong, Kecamatan Madiun kedua tersangka berpura-pura hendak membeli mobil korban yang d ipajang d i Jl Raya Alternatif Caruban - Madiun dengan bertuliskan dijual. Usai melihat-lihat saat korban masuk ke dalam rumah, mobil dibawa kabur kedua tersangka. "Mobil kami amankan dari Desa Randu Blatung, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah usai ada informasi mobil hasil penipuan dan penggelapan serta mengarah ke pencurian ini mengalami kecelakaan. Kalau kedua tersangka kami tangkap di kos-kosannya di Ponorogo," imbuhnya. Kapolres berjanji akan mengembangkan kasus ini termasuk ke penadahnya karena ada rencana mobil bakal dijual ke Kabupaten Blora Jawa Tengah dengan harga Rp 15 juta. Kasat Reskrim Polres Madiun, AKP Edi Susanto menegaskan jika tersangka sudah cukup l ihai. Selama ini, tersangka tinggal di rumah kos dengan cara berganti-ganti. Selain itu, selalu memilik rumah kos yang tak mensyarat kan adanya identitas KTP. (stc/sta)


HARIAN BANGSA

SELASA, 8 APRIL2014

6

Suvenir ‘Buku Putih’ di Ngunduh Mantunya Kiai Miftah

SURABAYA – Rais Syuriah PWNU Jatim KH Miftachul Akhyar ngunduh mantu, Ahad (6/4). Bertempat di Pondok Pesantren Miftahus Sunnah Kedungtarukan/100 Surabaya, Kiai Miftah menikahkan putrinya Mauhibah Al-Lu'luah dengan Agus HM Syafiq dari Pati, dosen ITS. Saat pulang, para tetamu diberikan suvenir buku “Benturan NU-PKI 1948-1965”. Banyak tamu penting hadir di acara resepsi pernikahan putrid Kiai Miftah ini. Di antaranya Wakil Ketua Umum PBNU Dr As'ad Said Ali, Ketua PWNU Jatim KH Hasan Mutawakkil Alallah, Gubernur -Wagub Jatim Dr Soekarwo-Saifullah Yusuf, serta sejumlah ulama dan kiai kenamaan di Jatim. Dr As'ad Said Ali dalam sambutan singkatnya mengatakan, walimah nikah yang dilangsungkan ini adalah sebagai upaya mempertemukan dua generasi kiai. Karena sang menantu adalah putra dari KH Aniq Muhammadun dari Pati yang juga kiai kenamaan. Adapun KH Agus Ali Masyhuri yang didapuk sebagai pemberi maudzah hikmah nikah mengharapkan pasangan mempelai agar menjaga komunikasi yang baik dan harmonis. Sementara itu, Gubernur Jatim Soekarwo mengatakan, bahwa seluruh pemakaman para auliya di Jawa Timur akan dilakukan perbaikan. "Bahkan pemakaman yang dianggap wali oleh masyarakat juga akan kami renovasi," kata Pakde Karwo, sapaan akrabnya. Adapun buku “Benturan NU-PKI 1948-1965” terasa istimewa lantaran dibagikan sebagai suvenir pernikahan. "Biasanya kan buku hikmah nikah atau muatan agama yang lain. Ini kok buku tentang peristiwa PKI? " kata salah seorang kiai yang dikonfirmasi. "Pasti ada pesan khusus yang disampaikan Kiai Miftah," lanjutnya. Salah seorang panitia walimah, Abdul Quddus Salam, juga kurang mengerti mengapa Kiai Miftah memilih buku ini sebagai kenang-kenangan kepada undangan. "Yang pasti, ini buku bagus dan layak dibaca para kiai dan ulama, khususnya undangan yang hadir," katanya. Tetapi, jelas dia, tidak semua undangan mendapatkan buku “Benturan NU-PKI 1948-1965” tersebut karena yang tersedia hanya 500 eksemplar. "Padahal undangan yang hadir berjumlah dua ribu orang," kata Drs H Farmadi Hasyim, MAg yang didaulat sebagai pemandu acara walimah ini. "Saya saja tidak kebagian," tandas Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kota Surabaya ini. Buku “Benturan NU-PKI 1948-1965”. merupakan respon dan klarifikasi (tabayyun) atas berbagai informasi dan propaganda yang muncul terkait peristiwa PKI. Buku putih ini pertama kali diluncurkan di kantor PBNU, Jakarta Pusat, Senin (9/12) lalu. Saat itu hadir sebagai pemateri, Hermawan Sulistyo (LIPI-peneliti peristiwa 1965), Kiki Syahnakri (PPAD), Agus Sunyoto (sejarawan), dan KH Miftachul Akhyar (Rais PWNU Jatim). (sal)

Bahaya ‘Lisan Panjang’ (1)

Percikkan Adu Domba dan Permusuhan Berbicara mengenai bahaya lisan memang tidak ada habisnya. Lisan, hanya ada satu di tubuh, tapi betapa besar bahaya yang ditimbulkan olehnya jika sang pemilik tak bisa menjaganya dengan baik. Ada pepatah yang mengatakan “mulutmu adalah harimaumu”, ini menunjukkan betapa bahayanya lisan ketika kita tidak menjaganya, sedangkan pepatah jawa mengatakan ajining diri ono ing lati, yang maknanya bahwa nilai seseorang ada pada lisannya, nilainya akan baik jika lisannya baik, atau sebaliknya. BAHKAN Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi

jaminan surga pada seorang muslim yang dapat menjamin lisannya. Dari Sahal bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa menjamin untukku apa yang ada di antara kedua dagunya (lisan) dan apa yang ada di antara kedua kakinya (kemaluan/farji), maka aku akan menjamin untuknya surga.” (HR. Al-Bukhari) Salah satu bentuk kejahatan l isan adalah namimah (adu domba). Kata adu domba identik dengan kebencian dan permusuhan. Sebagian dari kita yang mengetahui bahaya namimah mungkin akan mengatakan, “Ah, saya tidak mungkin berbuat demikian…” Tapi jika kita tak benar-benar menjaganya ia bisa mudah tergelincir. Apalagi ketika rasa benci dan hasad (dengki)

telah memenuhi hati. Atau meski bisa menjaga l isan dari namimah, akan tetapi tidak kita sadari bahwa terkadang kita terpengaruh oleh namimah yang dilakukan seseorang. Oleh karena itu kita benar-benar harus mengenal apakah itu namimah. Definisi Namimah, Al-Baghawi rahimahullah menjelaskan bahwa namimah adalah mengutip suatu perkataan dengan tujuan untuk mengadu domba antara seseorang dengan si pembicara. Adapun Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalaani rahimahullah mengatakan bahwa namimah tidak khusus itu saja. Namun intinya adalah membeberkan sesuatu yang tidak suka untuk dibeberkan. Baik yang tidak suka adalah pihak yang dibicarakan atau pihak yang menerima berita, maupun pihak

lainnya. Baik yang disebarkan itu berupa perkataan maupun perbuatan. Baik berupa aib ataupun bukan. Ada hukuman dan ancaman syariat terhadap pelaku namimah. Dijelaskan, namimah hukumnya haram berdasarkan ijma’ (kesepakatan) kaum muslimin. Banyak sekali dalil-dalil yang menerangkan haramnya namimah dari Alquran, Assunnah dan Ijma’. Sebagaimana firman Allah Ta’ala, yang artinya, “Dan janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina yang banyak mencela, yang kian kemari menghambur fitnah.” (QS. Al Qalam: 10-11). Dalam sebuah hadis marfu’ yang diriwayatkan Hudzaifah rad hiyal lahu ‘anhu disebutkan, “Tidak akan masuk surga bagi Al Qattat (tukang adu dom-

ba).” (HR. Al Bukhari) Ibnu Katsir menjelaskan, “Al qattat adalah orang yang menguping (mencuri dengar pembicaraan) tanpa sepengetahuan mereka, lalu ia membawa pembicaraan tersebut kepada orang lain dengan tujuan mengadu domba.” Perkataan “Tidak akan masuk surga…” sebagaimana disebutkan dalam hadist di atas bukan berarti bahwa pelaku namimah itu kekal di neraka. Maksudnya adalah ia tidak bisa langsung masuk surga. Inilah madzhab Ahlu Sunnah wal Jama’ah untuk tidak mengkafirkan seorang muslim karena dosa besar yang dilakukannya selama ia tidak menghalalkannya (kecuali jika dosa tersebut berstatus kufur akbar semisal mempraktekkan sihir -ed). (mslh/bersambung)

Silaturrahim Siapa bilang warga NU tidak punya agenda kegiatan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan? Kegiatan itu ternyata banyak sekali jumlahnya mulai dari tahlilan, yasinan, walimahan/ pernikahan, pengajian rutin, imtihan/wisuda, seminar, diskusi dan masih seabreg jika disebut satu persatu. Ingin dimuat di HARIAN BANGSA? Mudah. Cukup ketik SMS ya, kirim ke 08123064028 atau email: bangsasilaturrahim@gmail.com. Jangan lupa: Nama, Alamat, dan kegiatannya, kalau ada fotonya yang menarik, ya. Saya muat di Harian BANGSA [korane warga NU]. Itung-itung dokumen pribadi. Kalau dimuat, dibingkai pigora yaaa. Apakah ada yang sulit, SEDULUUUUR?????

08123064028 - 081216031525 Dialog interaktif masalah Tasawuf PASURUAN -Kajian dan dialog interaktif di RADIO SUARA PASURUAN 107 FM bekerja sama dengan Lembaga Dakwah NU kabupaten Pasuruan Edisi Selasa pukul 5.45-7.00 (PAGI) dan pukul 17.00-jelang Magrib menghadirkan KH.Dumairi dari pondok pesantren Lekok dalam kajian kitab Bidayatul

hidayah dan Nashoihul ibad .(Muhammad Khudori ,wakil sekretaris LDNU kabupaten Pasuruan)

Pengajian Kitab Washiyatul Musthofa SIDOARJO- Pengajian rutin Kitab Wahiyatul Musthofa yang diasuh oleh KH Masyhudi Mukhtar di Masjid Al-Mubarok Jl KH

Sulaiman Gemurung Gedangan. (Samsul Fuad Bakri)

Kajian Alquran KH Salim Imron SIDOARJO-Takmir Masjid Besar Al-Hidayah Jalan Ahmad Yani 55 Gedangan Sidoarjo mengadakan kajian Alquran dan tanya jawab bersama KH Muh Salim Imron pada Ahad Kedua setiap bulan. Dilak-

bangsasilaturrahim@gmail.com

sanakan bakda salat Subuh, diakhiri dengan salat Dhuha dan Hajat. Pada Ahad Keempat, materinya diganti Kajian Hadis.

Full Kajian Kitab dan Bahtsul Masail NGANJUK-Hadirilah kegiatan rutin di Masjid Jamik Al-Falah Desa Pelem Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk setiap rabu Malam Kamis

KARIR

Khataman Alquran Putra Bil-Ghoib. (Athour Rohman Wahid)

ELEKTRONIK LOWONGAN

KERJASAMA

pukul 19.30: 1. Pengajian ASWAJA An-Nahdliyah oleh K Sulton Abdul Hadi; 2. Pengajian Kitab Riyadhus Shulihin oleh KH Athour Rochiem; 3. Tafsir Alquran oleh Ustd Drs Imam Masyhadi Al-Hafidh; 4. Pengajian Kitab Iryadul Ibad oleh KH Hasan Bisyri; 5. Lailatul Ijtimak dan Bahtsul Masail Malam 15 Qomariyah oleh Drs KH. M. Da’in Masyhuri MM; 6. Jam’iyatul Qurro Sabtu malam Ahad oleg Ustd H Khoiruddin; 7. Ahad Legi

FOTO COPY

MESIN

ELEKTRONIK

IR 5000 / 6000 / 6570, NP 6551 / 6545 / 6050 / 6035 / 6030. Harga Mulai 5 Jutaan. Manunggal Kebonsari No 17. Hub : (031)72666777, 081331660077.

LOWONGAN

up*20/3-20/4/14

PARABOLA hw*25/3-25/4/14

fn*24/3-24/4/14

PASANG BARU BIG TV Cukup Bayar Rp. 120.000 dpt 2 Bln All Chanell dan 1 Bln Paket Basic. Hub. 031-31174999 hw*22/3-22/4/14

fn*20/3-20/4/14

MESIN BUBUT 46x80 Mazak jr Jepang 60 Jt Nego Siap Pakai Hub: 08155079940, 031-71660885

CV ROSEMONT, Office: Sidokare Indah Sda. Terima Jasa Teknik Sipil, Mechanical Electrical, Genset, Forklift, Process Control, AC, Frezer, Kulkas, Pendingin, Jual / Beli AC Baru/Bekas. Hub: Pak Khusairi Telp. 03191421029, 087754012229, 081554368867

hw*21/3-21/4/14

SERVICE

5/4-6/5/14

up*18/3-17/4/14

KOMPUTER fn*22/3-22/4/14

DICARI KOMPUTER / LAPTOP Baru, Normal, Rusak, Bayar di Tempat Hub: 03171386789, 085334386789

up*20/3-20/4/14

hw*5/4-6/5/14

PELUANG BISNIS up*20/3-20/4/14

DICARI SOPIR SIM A atau B1, Max Usia Kurang Lebih 30 Th ke Atas, Lamaran Langsung dibawa ke Raya Kupang Jaya 19, Segera hw*26/3-26/4/14

hw*15/3-14/4/14

fn*18/3-19/4/13

DICARI LAPTOP / KOMPUTER Baru / Bekas / Rusak Dibeli Tunai Hub: 03171386663, 082230886599

JUAL / CARI Agen Seluruh Indonesia, Bumbu Masak Praktis “Cap Baki” Tanpa Pengawet & Penyedap, Ada 22 Macam Masakan: Kebuli, Rendang, Opor, dll. 15.000/ Saset isi 200 gram, Bisa utk Daging 1/2 Kg. Hub.087851432903 Bpk Fahad

ADI JAYA SERVICE TV Panggilan 083857580838, 088805334723, 03171305757 Pin BB: 7DB029F9

up*23/3-23/4/14

up*8/4-10/5/14

hw*5/4-6/5/14

hw*8/4-10/5/14

up*27/3-27/4/14


7

HARIAN BANGSA

SELASA, 8 APRIL 2014

Pendekar Kapak Kuning, Robin Hood Tanah Jawa (645)

Anak Buah Celeng Bajul Berterus Terang TENTU saja, Dullah sudah tak ada. Rintihan mereka ternyata didengar Ki Nyoto. Dan segera Ki Nyoto keluar markas, dan melihat dua anak buahnya duduk bersimpuh, mata terpejam, tangan menjura hormat, dan mulut merintih serta nafas ngos-ngosan. "Ampun Mbah... ampun Mbah..." Mereka tak tahu jika Ki Nyoto sudah berdiri di depan mereka. "Ada apa dengan kalian ini?!" teriak Ki Nyoto, gusar. Mendengar teriakan ketuanya, mereka kaget dan langsung membuka mata terbelalak. Keduanya saling toleh kebingungan. "Kok... bisa sampai sini ya?" mereka berdua kebingungan. Ki Nyoto menatap tajam. Keduanya merunduk ketakutan. "Kalian harus cerita kepadaku. Atau kalian kubuat hancur berkeping!" teriak Ki Nyoto. "Ampun Bapak!" kata mereka berbareng. "Cepat kalian ceritakan!" "Anu, Pak... Kami awalnya meneror kampung, dan mencuri kambing. Lalu, tiba-tiba datang di hadapan kami si tua renta itu. Kami hampir dibunuhnya," tutur satu di antara mereka. "Hmm. Aku merasakan ada kebohongan di sini. Aku me-rasa kalian mempermainkan aku. Pilih mati atau kalian ber-terus terang!" "Dua anak buahnya ini langsung pucat pasi." "Anu Bapak....., mohon maaf kami takut mati!" kata mereka sambil menunduk ketakutan. "Kenapa takut mati? Siapa yang akan membunuhmu. Aku atau orang bangsat itu...." "Keduanya...," jawab mereka dengan lirih. "Apa!?" "Benar Bapak. Kami sebenarnya ingin meneror kampung Manyar. Tapi, kami dihadang oleh orang renta itu. Kami dibuat tak berkutik. Dia mengancam, jika kami kedapatan berkeliaran di Kampung Manyar, maka kami akan dibunuhnya. Sementara di sini, kalau kami tak meneror kampung Manyar, Bapak akan membunuh kami. Kami bingung."

Para Jagoan Wanita di Zaman Rasulullah SAW JIKA kita membaca sejarah para sahabat perempuan di zaman Rasulullah Shallallahu alaihi Wassalam, kita akan banyak menemukan kekagumankekaguman yang luar biasa. Mereka bukan hanya berilmu, berakhlaq, pandai membaca Alquran, tapi juga jago pedang, berkuda dan memanah, dan tidak sed ikit yang juga menjad i ‘dokter’ yang pintar mengobati para sahabat yang terluka di medan perang. Bahkan, ada di antara mereka yang terpotong tangannya karena mel indungi Rasulullah! Subhanallah. Nusaibah si Jago Pedang Rasulullah Shallallahu alaihi Wassalam yang mulia berdiri di puncak bukit Uhud dan memandang musuh yang merangsek maju mengarah pada dirinya. Beliau memandang ke sebelah kanan dan tampak olehnya seorang perempuan mengayun-ayunkan pedangnya dengan gagah perkasa melindungi dirinya. Beliau memandang ke kiri dan sekali lagi beliau melihat wanita tersebut melakukan hal yang sama – menghadang bahaya demi melindungi sang pemimpin orang-orang beriman. Kata Rasulullah Shallallahu alaihi Wassalam kemudian, “Tidaklah aku melihat ke kanan dan ke kiri pada pertempuran Uhud kecuali aku melihat Nusaibah binti Ka’ab berperang membelaku.” Memang Nusaibah binti Ka’ab Ansyariyah demikian cinta dan setianya kepada Rasulul lah sehingga begitu mel ihat junjungannya itu terancam bahaya, dia

maju mengibas-ngibaskan pedangnya dengan perkasa sehingga dikenal dengan sebutan Ummu Umarah, adalah pahlawan wanita Islam yang mempertaruhkan jiwa dan raga demi Islam termasuk ikut dalam perang Yamamah d i bawah pimpinan Panglima Khalid bin Walid sampai terpotong tangannya. Ummu Umarah juga bersama Rasulullah Shallallahu alaihi Wassalam dalam menunaikan Baitur Ridhwan, yaitu suatu janji setia untuk sanggup mati syahid di jalan Allah. Nusaibah adalah satu dari dua perem-

puan yang bergabung dengan 70 orang lelaki Ansar yang berbaiat kepada Rasulullah Shallallahu alaihi Wassalam. Dalam baiat Aqabah yang kedua itu ia ditemani suaminya Zaid bin Ahsim dan dua orang puteranya: Hubaib dan Abdullah. Wanita yang seorang lagi adalah saudara Nusaibah sendiri. Pada saat baiat itu Rasulullah menasihati mereka, “Jangan mengalirkan darah denga sia-sia.” Dalam perang Uhud, Nusaibah membawa tempat air dan mengikuti suami serta kedua orang anaknya ke

medan perang. Pada saat itu Nusaibah menyaksikan betapa pasukan Muslimin mulai kocar-kacir dan musuh merangsek maju sementara Rasulullah Shallallahu alaihi Wassalam berdiri tanpa perisai. Seorang Muslim berlari mundur sambil membawa perisainya, maka Rasulullah Shallallahu alaihi Wassalam berseru kepadanya, “berikan perisaimu kepada yang berperang.” Lelaki itu melemparkan perisainya yang lalu dipungut oleh Nusaibah untuk melindungi Nabi. (bersambung)

Fatimiyah, Sebuah Kebangkitan Arsitektur (4)

Puncak Kejayaan Arsitektur Fatimiyah Ada di Kairo KAIRO adalah kota istana yang dibuat khusus bagi khalifah, tapi kota ini juga berisi seperempat tentara yang dimil iki Fatimiyah. Dinding batu bata dibangun membentuk persegi panjang berukuran 1.100x1.150 meter dengan delapan pintu gerbang. Menurut penyair Persia Nasr-i Khusrau yang mengunjungi kota itu pada 1048 M, gudang, pasar, dan tempat pemandian harus dibangun dalam tembok kota untuk memasok kebutuhan penduduk di dalamnya. Sebuah jalan besar yang disebut alShari al-Azam dibangun di sepanjang sumbu utara sampai selatan. Istana Khal ifah al-Muiz yang kemudian dikenal sebagai Istana Agung atau Istana Timur berdiri megah di tengah kota berdampingan dengan Masjid Agung. Selama pemerintahan al-Aziz (975996 M), Istana Barat dibangun di seberang Istana al-Muiz. Di antara kedua istana terdapat ruang terbuka

lebar yang disebut Bain al-Qasrain (Antara Dua Istana). Kedua istana ini ditinggal kan setelah jatuhnya kekhalifahan dan hancur pada abad ke-15. Informasi mengenai kedua bangunan diketahui dari peninggalan teks-teks tua. Istana Timur adalah kediaman khalifah. Berbagai departemen pemerintahan juga mendiami istana itu, seperti departemen keuangan dan militer. Kebun dan arena berkuda atau kompetisi olahraga dibangun di dalamnya oleh penguasa Ikhshidid, Kafur (966-968 M). Jika ingin menuju ke sini, harus melewati Bab ad-Dhabab (Gerbang Emas) yang di atasnya terdapat pavil iun bagi khal ifah. Khal ifah menonton pertunjukan dari paviliun ini dan bisa menunjukkan dirinya kepada rakyatnya pada acara-acara perayaan. Nasr-i Khusrau menyebutkan, serangkaian bangunan, teras, dan aula menjadi bagian dari istana. Sejarawan dari Mamluk al-Maqrizi

Pekuburan Fatimiyah di Aswan, Kairo, Mesir.

menjelaskan, sekitar 10 paviliun dari berbagai periode berdiri di antara taman-taman indah dan dilengkapi dengan beranda terbuka. Apartemen hunian dihiasi dengan

megah. Penulis sejarah William dari Tirus yang dikirim raja Yerusalem sebagai utusan pada 1167 M menggambarkan bangunan istana dengan halaman terbuka yang luas

dikelilingi tiang beratap. Semua itu dilapisi marmer dengan warna berbeda. Aula ditutupi tirai emas dan sutra beraneka warna. Binatang liar, burung, dan manusia bersinar dengan rubi, zamrud, dan seribu batu berharga lainnya. Dari Kairo hingga Makkah Selama periode ketika kekuasaan Khalifah Fatimiyah mulai berkurang dan Mesir terutama diperintah oleh perdana menteri yang kuat, kebangkitan arsitektur baru mulai muncul. Khalifah al-Mustansir, Badr alJamali, memerintahkan perluasan d ind ing benteng. Dua masjid didirikan dengan mengadopsi gaya arsitektur dan dekorasi Masjid alHakim bergaya Barok baru. Pada saat perdana menteri memerintah, muncul unsur-unsur baru dalam arsitektur Fatimiyah, seperti monumen peringatan, makam, dan masjid untuk penguburan. Pada 1085 M, Badr al-Jamali memiliki masjid penguburan yang dike-

nal sebagai Masyhad al-Juyushi yang dibangun di atas Bukit al-Muqattam meski tidak berisi makam. Dua Masjid penguburan yang dibangun di luar tembok kota, Sayida Atiqa (1120 M) dan Sayida Ruqaya (1133 M), didedikasikan untuk anggota keluarga Nabi. Sayida Ruqaya memiliki tiga kamar dengan lima mihrab. Fitur yang mencolok dari bangunan Fatimiyah di Kairo adalah dekorasi baru dan sangat mewah, baik di dinding luar maupun dalam bangunan. Penggunaan materi pun berbeda, seperti semen dan batu. Lengkungan yang runcing, muqarnas, dan relung bergaris sangat berbeda dari elemen dekoratif periode sebelumnya. Puncak kejayaan seni arsitektur Fatimiyah berada di Kairo. Arsitektur Fatimiyah juga merambah ke Makkah, Suriah, dan Palestina walau jejaknya tidak terlalu kuat. Mozaik mewah di antara ruang lengkungan besar Masjid al-Aqsha adalah bukti kehadiran mereka di Yerusalem. (epu/nis)

PROPERTI PERLENGKAPAN RUMAH

JUAL RUMAH JUAL RUMAH Uk.5,5x16 SHM, Harga 160 Jt, Jl.Aloha Sidoarjo Hub: 085731123497 up*11/3-10/4/14

BUTUH UANG CEPAT !! Jual Rumah L.97m2, Uk.7,5x13, 3 KT, 1 KM, Harga 365 Juta, Jl.Kedurus 3 Gg Pilang Indah No.21 Sby Barat Hub: 031-70051919 fn*5/3-4/4/14

JUAL RUMAH Perum Taman Pinang F1/ 20 Sda, L.300 m2, Uk.15x20, 1,5 Lt, 6 KT, 4 Km SHM, Bisa KPR Harga 1,4 M Hub: 03170626323 fn*5/3-4/4/14

DIJUAL RUMAH Type 27 Bangunan Baru (Ada 6 Unit) Harga 90 Juta Lokasi Dusun Doko Ngoresrejo Sukodono. Segera Hubungi: 031-72427171, 085733248871 up*4/3-3/4/14

fn*18/3-19/4/14

fn*5/4-3/5/14

fn*25/3-25/4/14

fn*17/3-16/4/14

JUAL TANAH

GRIYA KEBRAON BARAT Lt./Lb: 88/88, SHM, Selatan Renof, 3KT, 1KM, Carport, 540 Jt Nego. Hub: 031-77711009

JUAL CEPAT BUTUH UANG Rumah 4KT, 3KM, Griya Permata GedanganE-3/25, Lt.90, 1,5 Lt, Garasi, Hrg 380 Jt Nego Hub: 03170649474, 08123143174

up*11/3-10/4/14

up*25/3-25/4/14

RUMAH USAHA JUAL KLINIK MEDIS Dekat MERR Rungkut, 2 Lantai, Lt.110 Lb.200 Hasil Bagus Sudah Jalan 20 Th. Harga 4,7 M Hub: 03177779871, 08216711209

fn*4/4-5/5/14

up*4/4-4/5/14

PASANG ATAP GALVALUM, Plafon, Gipsum, Almini, Bangun / Renov Rumah. Hub: 03172365636, 085732992020

JUAL TANAH

hw*4/4-5/5/14

hw*20/3-20/4/14

JUAL TANAH SHM, Uk.8x32m, Harga 1,2 Jt/m2, Lok.3km dari Bandara Juanda Hub: 031-28868173, 085853690977 up*27/3-27/4/14

TANAH 4.394 M2 UNTUK INVESTASI ? DIJUAL cpt Tiga Bidang Tnh Masing-masing Seluas 689 m2, 1.064 m2, dan 2.101 m2. Lok: Krembangan Taman SDA. Cocok utk Investasi Tnh. Dr Tahun ke Tahun Hrg Trs Naik. DITAWARKAN Rp 750jt. (Tiga Bidang Tnh Seluas 4.394 m2. Bisa nego. MINAT? Hub. Roziq 081216125651 / 087853134787 / pin BB 73d08ad1 hw*1/4-2/5/14

MURAH Tanah Kavling Sidowungu Menganti Uk.7x12 Harga 30 Jt, Terbatas, Lok Tepi Jalan Hub: 031-91957574, 70172322

JUAL RUMAH fn*17/3-16/4/13

up*18/3-17/4/14

JUAL RUMAH Siap Huni Manyar Tirtomoyo 57, Lt.525 Lb.400 Jual Cepat Hitung Tanah 7,2 M Nego, 5 KT, 2 KP, 4 KM, Garasi Hub: 031-77779871, 08216711209 up*4/4-4/5/14

up*7/3-7/4/14

up*8/3-7/4/14

hw*25/3-25/4/14

JUAL TANAH KAVLING, Uk.5x25 Di Gempol Kuring Benowo-siap bangun. Jalan paving harga 78 Juta. Hub: Agus Susanto Tlp:031-31311866/081554173730 fn*29/3-29/4/14

JUAL RUMAH Parang Barong 27 Indrapura Sby, Lt.150 m2, Full Bangunan, Bangunan Baru + Usahanya, Sudah Berjalan, Harga 1,6 M, 2KT, 1KM, Strategis. Hub: 0315314465, 83664626, 081331525691

SOFT OPENING : Kredit Rumah Tanpa Ditolak Griya Tambakrejo Indah, Harga 190 Jt, DP Bisa Dicicil. Hub: 031-34996669

JUAL RUMAH BARU MINIMALIS, Uk.5x12 PAM/Listrik/Galvum, Jl Semeni Baru 2/51 Belakang SMA XII. Hub: 031-71714642/ 087773334443

hw*6/3-5/4/14

up*21/3-21/4/14

up*27/3-27/4/14

PEMBUATAN ALMINI, Rolling Door, Pintu Kasa, Harga Ekonomis, Hubungi: 03177257752, 031-7522595 Wisma Lidah Kulon Komplek Ruko 8 No.3

JASA PLITUR, MILAMIC, CAT DUCO, utk Pintu, Kusen, Pagar, Harmonica, Kitchen Set Segala Macam Mebel Hub: 03170500161, 031-81020188

DIJUAL RUMAH Jl. Asem 5/17-19 SHM, Lt.542 m2, Full Bangunan 3,5 m, 2 Lt Belakang, 7 KT, 4 KM, Garasi. Hub: 0315314465

RUMAH SIAP HUNI, type 27= Rp.95 Jt. DP 55 Jt sisanya angsur 2 Th Bunga 0% Lokasi Ngaresrejo Sukodono SDA. Hub: 03172629063/087754229545

hw*22/3-22/4/14

hw*18/3-17/4/14

up*26/3-26/4/14

fn*29/3-29/4/14

fn*29/3-29/4/14

fn*20/3-20/4/14

JUAL TANAH di Situbondo Uk.47 Uk.47 Hektar, SHM, 3500 / m2, Lok: Desa Kalibokor, Bisa utk Perumahan, Industri, Perkebunan. Hubungi: 031-5314465, 83664626, 081331525691

JUAL RUMAH Uk.5x13 (Luas Tanah 65 m2) Harga 140 Juta Nego, Siap Huni. Sambibulu RT.2 RW.1 Taman Sepanjang Hub: 03179592121, 085648313803

up*27/3-27/4/14

fn*15/3-14/4/14


HARIAN BANGSA

Sejumlah Anggota Dewan Bolos Kerja JEMBER - Meski masa kampanye Pileg sudah berakhir, namun kondisi Gedung DPRD Jember masih sepi. Tak banyak aktivitas berarti di gedung yang terletak di Jl Kalimantan 86 tersebut. Sejumlah anggota dewan pun memilih tidak masuk kantor. Wakil Ketua DPRD Jember, Miftahul Ulum mengakui, jika musim kampanye hingga masa tenang sekarang, berdampak kepada seluruh kegiatan di DPRD Jember. Baik di internal fraksi, komisi, hingga alat kelengkapan yang lain. Apalagi, kata Ulum, mayoritas seluruh anggota DPRD Jember kembali maju pada pemilu legislatif. Meski demikian, politisi asal PKB ini membantah jika kinerja DPRD Jember menurun. Sebab dalam waktu dekat, DPRD Jember akan segera membahas LKPJ Bupati. Berdasarkan pantauan di kantor DPRD Jember, hanya segilintir wakil rakyat, yang datang ke kantor DPRD Jember. Mereka adalah, Ayub Junaidi, Maman Sabariman, Muhammad Jufriyadi, dan Miftahul Ulum. Akibat banyak anggota dewan yang tidak masuk, sejumlah kegiatan di DPRD Jember seperti pembahasan LKPJ, kemudian penyelesaian raperda RT, RW, dan sejumlah kegiatan lainnya, masih belum bisa dilaksanakan. (yud/lan)

Lumajang Kekurangan Surat Suara DPRD Jatim LUMAJANG - PPK Kota Lumajang kekurangan surat suara untuk DPRD Jawa Timur di Pemilu 2014 sekitar 1.200 lembar. Kekurangan surat suara dikarenakan banyak yang rusak dikarenakan percetakan. "Kita kekurangan surat suara untuk DPRD Jatim di PPK Lumajang," ujar Pudoli Sandra, Komisioner KPU Lumajang, Senin(7/4). Dia menambahkan, pihaknya sudah berkirim surat ke KPU Jatim mengenai kekurangan surat suara. Namun, hingga kini belum mendapat balasan untuk segera dikirim. "Kita masih menunggu, hanya disampaikan secara lisan jelang H minus satu sudah tiba," ungkapnya. KPU Lumajang terus memantau pergerakan pendistribusian logistik Pemilu 2014 ke PPK dan PPS. (jat/lmj)

SELASA, 8 APRIL2014

8

Komisi A Panggil PLN

Terkait Banyaknya Penertiban PJU Lama Probolinggo-HARIAN BANGSA Banyaknya pembongkaran Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kota Probolinggo oleh PLN, mendapat perhatian serius Komisi A DPRD Kota Probolinggo. Penertiban PJU tersebut, dinilai banyak merugikan pihak Pemkot Probolinggo dan warga. Apalagi, pembayaran atas jasa PJU tersebut telah dilakukan pihak Pemkot dalam tiap bulannya dan juga dilakukan hal yang sama oleh warga Kota Probolinggo. Kondisi tersebut mendapat banyak keluhan. Untuk itu, Komisi A DPRD setempat melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan pihak PLN, BLH serta Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKA). Hearing (dengar pendapat) yang dipimpin Ketua Komisi A, As’ad Anshori dan sejumlah anggota tersebut menjadi bahan evaluasi atas kinerja PLN selama ini. Apalagi, tindakan penertiban yang dilakukan PLN sangat merugikan warga. Kepala BLH, Budi Krisyanto mengeluhkan pihak PLN, karena telah melakukan pembongkaran atau pencopotan PJU lama yang

Komisi A DPRD Kota Probolinggo saat menggelar hearing tentang pembongkaram PJU dengan PLN, BLH, dan DPPKA. foto: andi sirajudin/HARIAN BANGSA sudah banyak terpasang. Saat ini, PLN malah menganggap PJU tersebut illegal. Padahal, dalam tiap bulannya telah melakukan pembayaran ke PLN. Sementara, PLN sendiri menilai banyak warga yang pasang PJU sembarangan tanpa meminta ijin ke pihak BLH, PLN dan kecamatan. Sehingga, rekening tagihan yang dibebankan ke Pemkot terus

membangkak. “Kita menertibkan PJU yang baru, biar tidak membenani Pemkot dalam pembayaran,” ujar Bagian Teknisi PLN, Pringgo kepada sejumlah anggota Komisi A. Mendapat tanggapan tersebut, Ketua Komisi A, As’ad Anshori meminta agar pihak kecamatan untuk menyadarkan masyarakat agar sebe-

lum memasang PJU terlebih dulu meminta ijin kepada pihak PLN dan kecamatan. “Pihak kecamatan harus bisa menyadarkan itu. Makanya, harus dicroscek dulu jangan main copot PJU,” ujar As’ad. Senada, Agus Riyanto menegaskan tindakan PLN yang melakukan pencabutan PJU secara masal dianggap sudah berbuat tidak adil. Alasanya, menurut

politisi asal PDI-P ini semua pelanggan di Kota Probolinggo telah membayar pajak PJU sebesar 9 persen. “Justru mereka telah membayar pajak PJU. Tapi, kalau dilihat tidak semua pelanggan yang bisa menikmati itu. Anehnya, kalau malah kita l ihat d i tiap rekening pembayaran, mereka telah dikenai beban PJU. Ini kan tidak adil namanya,” tegas Agus. Dalam hearing kemarin, Komisi A mengeluarkan dua rekomendasi yang harus dilaksanakan pihak PLN dan dinas terkait. Pertama, dewan lebih lanjut akan melakukan hearing kembali soal falidasi jumlah PJU illegal dan legal secara final. Kedua, komisi A meminta PLN untuk menghidupkan kembali PJU yang sudah diputus. Meski tidak seluruhnya, sambil menunggu hearing falidasi yang bakal digelar kembali. “Kedua rekomendasi itu harus dilakukan dulu, sambil lalu menunggu hearing susulan untuk menentukan berapa jumlah PJU illegal dan legal,” tegas Ketua Komisi A, As’ad Anshori saat membacakan rekomendasi Komisi A. (ndi/adv)

Program APP Tingkatkan Kesejahteraan Petani Kopi Bondowoso-HARIAN BANGSA Dalam rangka pelaksanaan pembangunan kehutanan di Provinsi Jawa Timur pada tahun 2014, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur merumuskan program-program dan kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Bondowoso. Optimalisasi pemanfaatan dan pengembangan potensi sumberdaya khususnya di bidang kehutanan yakni pengembangan areal kopi melalui program Anti Poverti Program (APP). Berdasarkan hal tersebut, melihat perkembangan areal tanaman kopi yang cukup pesat di Bondowoso, maka perlu didukung dengan kesiapan sarana dan metode pengolahan bagi petani. Sehingga, mereka mampu menghasilkan biji kopi dengan mutu seperti untuk memenuhi syarat Standar Nasional Indonesia. Untuk mendukung era agroindustri di masa datang, Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur tahun 2014 telah mengalokasikan beberapa bantuan hibah alat pengolah kopi kepada Kelompok Masyarakat (Pokmas) Alam Hijau III di Desa Solor Rt 12 Rw 00 Kecamatan Cerme, Kabupaten Bondowoso. Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Ir Matsakur menjelaskan,

Program APP adalah bentuk upaya Pemerintah Provisi Jawa Timur melalui Pemkab Bondowoso untuk menyejahterakan masyarakat di bidang perkebunan. “Dalam beberapa kurun waktu dengan adanya Program APP menumbuhkan motivasi masyarakat dalam mengembangkan kemandirian usaha bagi masyarakat petani kopi,” ujar mantan Kepala Dians Pertanian tersebut, kemarin. Menurutnya, dengan adanya Program APP ini, pihaknya mengaku bahwa Kelompok Masyarakat (Pokmas) yang menjad i binaan Dinas Kehutanan dan perkebunan Bondowoso betul-betul terbantu dalam mengembangkan usahanya kedepan. “Pada tahun 2014 ini yang mendapatkan bantuan alat pengolahan kopi basah ada satu Kelompok Masyarakat (pokmas) Alam Hijau III yang bertemaat di Desa Solor Kecamatan Cermee, yang di ketuai oleh Syaifullah warga setempat,” imbuhnya. Berdasarkan catatan Dinas Kehutanan dan perkebunan Kabupaten Bondowoso, kopi yang berhasil di ekspor dari hasil produksi petani yang ada di bondowoso pada Tahun pertama yakni, tahun 2011 mencapai 17,6 ton, pada Tahun 2012 mengalami peningkatan mencapai 236 ton,

Kelompok Masyarakat Alam Hijan di Desa Solor, Kecamatan Cerme saat memeraktikan bantuan alat pengolah kopi basah. foto: sugiyanto/HARIAN BANGSA

dan Tahun pada 2013 mengalmi penurunan, sehingga kopi yang ekspor hanya mencapai 155 ton. “Bagi petani yang menjadi tantangan adalah bagaimana meningkatkan jumlah produksi. Jadi saya berharap dengan adanya bantuan alat pengolah kopi basah tersebut, bisa memenuhi permintaan pasar, sebab permintaan pasar terhadap kopi

arabica Bondowoso sangat tinggi, sehingga nantinya jumlah produksi kita bisa memenuhi target pasar,” tutur Matsakur. Selain itu, pihak pemerintah daerah akan terus berupaya mendorong petani untuk terus meningkatkan jumlah produksi. Sementara itu, Syaifullah Ketua Pokmas Alam Hijau III sangat berterimah kash kepada Dinas Perkebunan

dan Kehutanan Bondowoso, karena kelompok tersebit stelah menjadi binaan dan metra pemerintah Bondowoso mendapatklan support yang luar biasa bagi petani kopi dalam mengembangkan kemandirian usahanya. “Dengan adanya program APP ini, membuat motivasi baru bagi petani kopi yang ada di Desa Solor. Sebab dengan mendapatnya alat

pengupas dan pencuci kopi ini petani bisa lebih semangat untuk mengembangkan usahanya,” ujar Syaifullah yang sudah bertahuntahun menekuni menjadi petana kopi. Sehingga, katanya, dengan adanya alat pengolah kopi basah yang diberikan oleh pemerintah hasil produksi dan mutu kualitasnya semakin baik. (gik/adv)

Tekan Angka Golput di Jember

Bakesbangpol Gelar Sosialisasi ke Pedagang Pasar Tanjung Jember-HARIAN BANGSA Sebagai upaya untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih dalam Pemilu Legislatif pada 9 April 2014, Bakesbangpol Kabupaten Jember didampingi Kepala Dinas Pasar menggelar acara sosialisasi tentang Pemilu ke para pedagang Pasar Tanjung, Senin (7/4). Sebelumnya, selama satu tahun berselang Bakesbangpol gencar melakukan sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu) kepada seluruh masyarakat, dengan tujuan untuk menekan angka golput di Kabupaten Jember. Kepala Bakesbangpol Pemkab Jember, Widi Prasetyo mengatakan, sosialisasi dilakukan untuk memberikan kesadaran terhadap masyarakat terkait pentingnya menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 9 April mendatang. Dia menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk melaksanakan amanat UU tentang Pemilu, bahwa pemerintah daerah wajib memfasilitasi dan

Didampingi Kepala Dinas Pasar, Hasi Madani, Kepala Bakesbangpol Pemkab Jember Widi Prasetyo sedang menerangkan betapa pentingnya Pemilu kepada salah seorang pedagang. Para pedangan sayur sedang mendengarkan penjelasan dari Kepala Bakesbangpol Pemkab Jember, Drs Widi Prasetyo.foto: yudi indrawan/HARIAN BANGSA

membantu untuk kelancaran pemilu. Selain itu untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang pemilu. "Dengan sosialisasi ini saya berharap masyarakat paham dan tahu tentang tata cara pemilihan umum, diharapkan partisipasi masyarakat untuk memilih semakin besar dan

jumlah golput semakin berkurang," ujar Wid i Prasetyo, kemarin (7/4). Pemkab Jember, lanjutnya, sejak satu tahun terakhir terus berupaya membantu melakukan sosial isasi pemilu, dan mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. Menurut Widi, Pemkab Jember, sejak satu tahun terakhir

terus berupaya membantu melakukan sosialisasi pemilu, dan mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. Selain melakukan sosialisasi secara merata di seluruh kecamatan se-Kabupaten Jember. Pemkab Jember juga telah melakukan sosialisasi melalui media massa, dan memasang baliho, serta pamflet, di seluruh

wilayah kabupaten Jember,dengan tujuan agar pemilu di Kabupaten Jember berjalan dengan sukses. "Sosialisasi ini kita lakukan untuk menekan angka golput jadi masyarakat bisa berperan untuk menentukan nasib bangsa tentunya dengan menggunakan hak pilihnya dalam menentukan calon legislatif

yang akan duduk d i DPRD berkual itas. Intinya pembangunan di Kabupaten Jember tergantung masyarakat juga karena anggota legislatif yang duduk tentunya orang yang dapat mengutamakan kepentingan masyarakat banyak,"ungkapnya. Widi juga menjelaskan, sosial isasi di beberapa kecamatan telah selesai dan dalam sosialisasi banyak peserta yang menanyakan terkait proses pemugutan suara maupun tata cara Pemilu. Dirinya menilai, dalam sosial isasi tersebut terlihat jika saat ini masih banyak masyarakat yang kurang memahami tata cara pemilu. "Banyak peserta yang menanyakan kepada narasumber, hal ini terlihat masih ada masyarakat yang masih kurang paham dengan tata cara Pemilu. Dengan sosialisasi tersebut kita memberikan kesadaran kepada masyarakat betapa ruginya jika tidak menggunakan hak pilihnya pada

saat pemilu nanti,"kata Widi. Widi juga menambahkan, selain dari sosialisasi Bakesbangpol, KPU dan Panwaslu juga memberikan materi peraturan penyelenggaran dan pengawasan Pemilu disejalankan dengan penyuluhan pemil ih cerdas Pemilu. Dalam materi tersebut KPU akan menyediakan tempat pemilihan untuk penyandang disabilitas dan orang yang sakit. "Kita juga sampaikan bahwa penyandang disabilitas juga berhak menggunakan suaranya termasuk orang yang sakit. Saat pemungutan suara penyandang disabilitas berhak mendapat pendapingan dari keluarga tapi tetap menjaga kerahasiaan dan sesuai dengan permintaan penyandang disabil itas tersebut. Termasuk bagi masyarakat saat pemungutan suara berlangsung ada yang sakit mereka juga berhak menggunakan hak pilihnya, nanti akan disediakan TPS khusus di rumah sakit," katanya. (yud/ Adv Humas)


9

HARIAN BANGSA

SELASA, 8 APRIL 2014

MUI Lamongan Berikan 3 Tausiyah Pileg

8 Kades Pungli PRONA

LAMONGAN-Majel is Ulama Indonesia Lamongan mengeluarkan tausiyah terkait dengan pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April mendatang. Tausiyah ini diharapkan dapat meminimalkan golongan putih) golput. Isi tausiyah itu, ada tiga. "Masyarakat diminta menyalurkan hak pilihnya, masyarakat diminta memilih wakil wakyat berdasarkan akhlaqnya, dan masyarakat juga diminta mengindari money politic," ujar KH Aziz Choiri, Ketua MUI Lamongan. Menurutnya, tausiah ini penting dijadikan pijakan bagi masyarakat Lamongan yang agamis. Ia berharap, tausiah yang dikeluarkannya ini akan bisa meminimalisir tingginya warga untuk tidak memilih alias golput yang masih terjadi di setiap pesta demokrasi baik itu pileg, pilpres, pilgub maupun pilihan bupati. (ais/nis)

GMNI Tuban Tolak Money Politics TUBAN-Belasan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Tuban menggelar aksi penolakan terhadap maraknya money politics saat mendekati pileg besok (9/4), d i undaran Patung Tuban kemarin (7/4). Mereka membawa bendera dan poster berisi ajakan untuk mengunakan hak pilih dan menolak segala bentuk politik uang. Aksi diawali dengan menyanyikan lagi IndoTOLAK. Mahasiswa GMNI menyeru- nesia Raya, kemudian kan tolak politik uang. foto : suwandi/ berorasi di perempaHARIAN BANGSA tan Patung. Mereka juga mengajak pengguna jalan yang melintas, agar melaporkan segala bentuk pelanggaran dan kampanye gelap di hari tenang ini, kepada Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu). Menurut Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) GMNI Tuban Muhammad Sudarsono, aksi tersebut adalah bentuk dukungan terhadap kesuksesan pelaksanaan pemilu legislatif 2014, yang akan diselenggarakan 9 April mendatang. "Kami mengajak kepada warga agar tidak mudah melakukan money politics. Gunakan hak suara sebagai mana mestinya, karena ini merupakan penentu kebijakan lima tahun mendatang," kata Muhammad Sudarsono. (tbn-1/nis)

Ada Formulir C-6 Ganda di Lamongan LAMONGAN-Kasus formulir C-6 ganda terjadi di Perum Graha Indah Kecamatan Tikung Lamongan, di RT 1 RW 11. Enam pemilih disana menerima surat pemberitahuan/surat undangan pemungutan suara atau formul ir model C-6 sebanyak dua kali di dua TPS yang berbeda. Suheri, Ketua RT 1 RW 11 menyatakan pemberitahuan pemungutan suara kepada pemilih berasal dari KPPS. Dari dua surat suara pemberitahuan pemungutan surat kepada enam orang pemilih, seorang pemilih menerima formulir C6 dari dua TPS yakni TPS 7 dan 8. "Namanya sama, NIK-nya berbeda, nomer urut DPT berbeda. Ada juga di formulir C-6 nama pemilih sama dan TPS sama seperti di TPS 8," ujarnya. Mudhofar, Panwascam Tikung membenarkan ditemukannya formulir C-6 ganda. (ais/nis)

BARANG BUKTI. Inilah barang bukti berupa sembako yang dilakukan caleg incumben yang telah diamankan. foto : shopii/HARIAN BANGSA

Panwas Tangkap Basah TS Caleg Bagi-bagi Sembako Gresik-HARIAN BANGSA Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Gresik berhasil menangkap timm sukses (TS) salah satu caleg incumben pada saat membagi-bagikan sembako kepada warga sekitar Sabtu (5/4) lalu. Panwascam yang datang bersama anggota kepolisian langsung melakukan penyitaan terhadap barang bukti (BB) yang ada. Saat ini, barang bukti tersebut diamankan d i kantor Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Gresik. Ketua Panwascam Gresik Agus Chumaidi kepada wartawan mengatakan pihaknya memang menemukan adanya praktik money pol itic yang dilakukan salah seorang caleg incumbent. "Hal ini merupakan hasil pengembangan dari laporan warga kepada kami,” ujarnya, kemarin (7/5). Sembako yang berhasil diamankan jumlahnya mencapai 49 paket yang berisi beras 2,5 kilogram, mie empat bungkus dan 1 kg gula pasir. Selain itu, pihaknya juga mengamankan satu alat bukti berupa gambar salah satu caleg incumben. “Kami juga sudah meminta keterangan pemilik rumah, dan pihaknya membenarkan bahwa ini berasal dari salah satu caleg incumbent dapil I,” terangnya.

Terbongkarnya sekaligus penangkapan tersebut d ilakukan setelah beberapa warga melaporkan bahwa akan ada bagibagi sembako caleg di Kelurahan Tlogopatut Kecamatan Gresik. Mendapati laporan ini, pihaknya langsung melakukan penyelidikan dan ternyata memang terbukti. “Seluruh barang nukti sudah kami serahkan kepada Panwaslu untuk ditindaklanjuti lebih jauh,” imbuhnya. Sementara itu, Komisioner Panwaslu Gresik Ismail Hariyanto membenarkan adanya temuan dari Panwascam Gresik terhadap money politic berbentuk sembako tersebut. Selanjutnya, panwaslu akan melaporkan temuan tersebut kepada sentra penegakan hukum terpadu (Gakumdu) untuk ditindaklanjuti. “Kalau memang terbukti, hal ini bisa masuk dalam kategori tindak pidana. Sehingga caleg incumbent itu bisa terancam hukuman pidana,” terangnya. Hanya saja, Hariyanto tidak berani menyebut identitas caleg tersebut. Pasalnya, hal ini perlu dilakukan penyelidikan lebih dahulu bersama Kejaksaan dan Kepolisian. “Kalau sudah terbukti akan kami sampaikan namanya, yang jelas caleg tersebut incumbent dan berasal dari dapil I,” ungkapnya. (sho/nis)

Lamongan-HARIAN BANGSA Diduga melakukan penyelewengan terhadap bantuan pengurusan sertifikat PRONA (Proyek Operasi Nasional Agraria), 8 kades dan 8 pokmas (kelompok masyarakat) di wilayah Kecamatan Mantup diperiksa tim penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Lamongan, kemarin (7/4). Mereka diperiksa lantaran diduga terlibat melakukan pungutan liar (pungli) Rp 800 ribu kepada setiap penerima bantuan PRONA. Ketika dikonfirmasi terkait pemeriksaan para kades dan pokmas, Kasi Pidsus Kejari Lamongan Joko Pranoto membenarkan. Menurut Joko, 8 desa penerima bantuan PRONA yang diselewengkan itu antara lain Desa Mantup, Sumber Kerep, Labuhanrejo, Rumpuk, Sumberdad i, Kedungsroko, Mojosari, dan Desa Sidomulyo. Joko menjelaskan, bantuan PRONA ini dimulai pada Januari 2014. Dalam perjalanan waktu, penyidik mendapatkan laporan dari masyarakat yang merasa keberatan dengan penarikan biaya yang dinilai di atas standar BPN (Badan Pertanahan Nasional). "Kami sudah berkonsultasi dengan pihak BPN. Bahwa penarikan standar itu sebesar Rp 400 ribu. Kami perlu mendalami uang selebihnya itu dipakai apa," terangnya. Usai pemeriksaan, Ismail, salah

KETERANGAN.Ismail saat memberikan keterangan kepada wartawan. foto : azharil farih/HARIAN BANGSA satu pokmas sekaligus perangkat Desa Sumberdadi mengatakan, pihaknya memang melakukan penarikan sebesar Rp 800 ribu terhadap masing-masing penerima bantuan PRONA. Hal ini atas kesepakatan rapat bersama antara camat dengan para kades dan pokmas. "Saya hanya melaksakan apa yang menjadi hasil rapat bersama," katanya. Ismail memaparkan, sesuai dengan hasil rapat kala itu, uang Rp 800 ribu itu sebagian akan dialokasikan untuk biaya operasional sebesar Rp 425 ribu. Sementara sisanya Rp 375 ribu akan disetorkan ke pihak Kecamatan Mantup. Dia menyebut di Desa Sumberdadi sendiri ada 370 bidang tanah yang menerima bantuan PRONA. "Penarikan uang Rp 800 ribu itu dimulai bulan Februari. Itu pun baru sebagian yang membayar lunas," imbuhnya. (far/nis)

Longsor Jalan Putri Cempo Tambah Parah Gresik-HARIAN BANGSA Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Gresik belum melakukan perbaikan jalan tembus Putri Cempo yang menghubungkan Kelurahan Ngargosari dan Gending Kecamatan Kebomas, meski jalan tersebut sudah longsor semenjak beberapa hari lalu. Pantauan kemarin (7/4), kondisi longsor semakin parah dan sangat membahayakan bagi pengguna jalan. Tapi, tidak ada tanda-tanda DPU Gresik melakukan upaya perbaikan. Kendaraan roda empat masih dilarang untuk melewati jalan tersebut. Sedangkan kendaraan roda dua harus ekstra hati-hati karena kerusakan berada ditanjakan dan

berada di depan tikungan jalan. Bahkan, rawan terjadi lonsong susulan karena kondisi jalan keropos dimana aspal menggantung sedangkan tanah dibawahnya sudah amblas ke jurang. Kepala DPU Gresik Bambang Isdianto pada akhir pekan kemarin mengakui pihaknya kesulitan untuk melakukan perbaikan jalan Putri Cempo yang lonsor tersebut. "Mestinya ada penahannya dengan cara dibronjong, baru tidak longsor lagi. Untuk sementara, kami akan lakukan perbaikan yang darurat saja. Karena butuh dana yang besar juga kalau melakukan perbaikan secara menyeluruh," ujarnya. (sho/nis)

Sambari Larang Camat Keluar Kota saat Coblosan Gresik-HARIAN BANGSA Bupati Gresik Sambari Halim Radianto memantau kesiapan logistik pileg (pemilu legislatif) di dua desa, yakni Desa Banjarsari Kecamatan Cerme dan Desa Sidomulyo Kecamatan Sidayu, kemarin (7/4). Sambari yang didampingi pejabat Forpimda, Ketua KPU Alimin dan Ketua Panwaslu, Gresik Sid iq Notonegoro mendapati semua logistik pileg sudah terdistribusi sampai ke tingkat desa. "Saya minta semua camat mengecek pada semua desa kesiapan logistik pemilu. Saya minta laporan lengkap dengan absensi kunjungan camat pada semua desa d i wilayahnya," pintanya. Ia berharap, tingkat partisipasi

pileg bisa melebihi saat Pilgub (pemil ihan gubernur). pada pilgub tahun 2013 lalu yang tingkat partisipasi pemilih masyarakatnya mencapai 61,8 persen. "Kami memandang jumlah itu masih lebih baik. Saya berharap pada pileg 9 April jumlahnya bisa lebih meningkat," harapnya. Ia juga menyampaikan larangan bagi semua camat pada saat pileg untuk tidak melakukan perjalanan ke luar kota. "Meskipun banyak kegiatan di luar kota, tapi kami tetap melarang camat ikut kegiatan di luar kota. Hal ini agar camat bisa berkoordinasi lebih intens untuk memantau aktifitas yang berkaitan dengan pemilu, sehingga pemilu sukses," tandasnya. Sementara Ketua KPU Gresik

Alimin mengingatkan kepada para panitia pileg, PPS, PPK, KPPS serta pemantau pemilu agar melaksanakan proses pemilu dengan jujur dan adil. Proses pemilu harus dikawal sesuai prosedur. "Produk yang dihasilkan oleh KPPS yaitu di setiap TPS semacam ‘kitab suci’. Jadi apabila ada kesalahan di tingkat yang lebih atas, maka yang pal ing d ipakai sebagai rujukan adalah kartu pemilih," kata Alimin. Di tempat lain, kantor Kesbangl inmas Pemkab Gresik membantu dana pengamanan penjagaan logistik pemilu dan proses penghitungan suara di tingkat kelurahan dan kecamatan sebesar Rp 440,5 juta untuk 4005 anggota Linmas. Pene-

KURSUS/PENDIDIKAN

JASA

SIDAK KESIAPAN. Bupati Sambari HR didampingi pejabat Forpimda ketika sidak kesiapan pileg. foto : syuhud/HARIAN BANGSA gasan itu disampaikan oleh Plt Kesbanglinmas, Budi Raharjo, d idampinggi Kabag Humas Pemkab Gresik, Agus Setya Prambudi, Senin (7/4). Menurut Budi, uang pengama-

nan tersebut perlu diberikan oleh Pemkab Gresik untuk membantu pihak desa dan kecamatan dalam pengamanan logistik pemilu serta pengamanan saat penghitungan suara. (hud/nis)

JASA PENGOBATAN

Y

PENGOBATAN

fn*17/3-16/4/14

KURSUS/PENDIDIKAN up*4/4-5/5/14

Yasco Training Center Jl. Raya Ngagel No. 163 Sby Telp. 031-70997550 Hp. 081 5531 57679 Fax. 031-8297934

Kesempatan mengikuti Training untuk membuka LAPANGAN KERJA dalam Bidang: 1. Montir Mobil. 2. Montir Diesel. 3. Montir Sepeda Motor. 4. Montir AC / Kulkas. 5. Montir Dynamo. 6. Montir TV/ Elektronika. • • • • • • ` `

TOUR & TRAVEL

“Saatnya Beriklan di Internet” Terima Jasa Iklan Google Murah, Buktikan Order Akan Berlimpah Telp: 031-72833227, 081335640101 hw*12/3-11/4/14

SEDOT WC fn*2/4-3/5/14

“ALSO PRODUCTION” Terima Ongkos Cetak 1/2 Plano Full Colour Uk.64x46, Cepat dan Murah, Juga Melayani Cetak Buku, Kalender 2014, Bulletin, Packaging, Nota, Kaos, Banner, Stiker, Poster, Cont.Form, dll. Hub. 031-70475803

Gratis Baju Kerja & Bahan Praktek Rombongan baru Tgl. 3 Setiap Bulan

hw*21/3-21/4/14

PARANORMAL

hw*20/3-20/4/14 fn*2/4-3/5/14

up*20/2-20/4/14

BIMA SEDOT WC Limbah Lumpur Hub. 031-3291975, 08123002134 Melayani Luar Kota

JASA

PERCETAKAN

BANK

fn*22/2-23/3/14 fn*7/4-8/5/14 up*12/3-11/4/14

MENDONG Sembuhkan Berbagai Penyakit dan Kanker di Rumah Hub: 082302174123 dan SMS 031-71615383

SULAM ALIS 3D,4D,6D 900-1,5 Jt Terima Kursus Sulam Alis Hub: 031-7325475 / 081938361555,PIN BB : 23a47305,Darmo Indah Selatan Blok KK No.72 SBY

fn*6/4-7/5/14

hw*27/3-27/4/14

fn*24/3-24/4/14

“KASA” JASA BUAT LAPORAN PAJAK, Sistem ADM Keuangan & Privat Akuntansi / Pajak Utk Umum, Mahasiswa & Siswa (Teori / Praktek / Training) Telp. 085230477909, 0818562318, 085730101369

CV MITRA SEDOT WC Hub : 8791356/ 8712042, 24 Jam. Hari Minggu & Hari Besar Tetap Buka ada Discount.!! up*26/3-26/4/14

BUTUH Penambahan Modal utk Usaha Unit Jaminan BPKB Mobil / Truck / Bus / R3. Hub. 031-72310837, 72897599, 087853557547 up*19/3-19/4/14

hw*9/3-8/4/14 fn*1/4-2/5/14


HARIAN BANGSA

Sambang Desa Irigasi Dangkal, Petani Randegan Rugi Puluhan Juta SIDOARJO-Saluran Irigasi terletak utara sungai di Desa Randegan Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo Senin (07/ 04) kemarin mengalami pendangkalan. Akibatnya area sawah mil ik petani, kesulitan mendapatkan air. Terpaksa para petani, membendung al iran sungai avor menggunakan anyaman bambu (gedek). Petani tak mampu jika H Shodiq kepala Desa menyewa pompa d iesel. Randegan tanggulangin di Biaya yg dikeluarkan lebih ruang kerja. Foto:agus hp/ banyak disebabkan bahan HARIAN BANGSA bakar dibutuhkan perhari mencapai 50 liter sampai 100 liter solar. Kepala Desa Kepala Desa Randegan H Shodiq mengatakan, keluhan petani terkait kesulitan mendapatkan air untuk mengaliri area sawah, sudah lama terjadi. Perbaikan saluran irigasi ini, benar-benar dibutuhkan petani hampir 5 tahun ini. "Namun hingga sekarang, belum tersentuh program pembangunan terutama pada saluran irigasi," ujarnya Diakuinya, semasa musim hujan, area lahan sawah milik mengalami kekeringan. Seharusnya dimusim penghujan, petani tidak merasa kesulitan mendapatkan air. "Tetapi fakta di lokasi, para petani kesulitan sehingga hasil panen padi mereka terus merosot dan merugi mencapai puluhan juta," ucap Kepala Desa Randegan. (gus/dar/ros)

TMMD Bersama Warga Bangun Jembatan Anggota TNI saat kerja bhakti bersama warga untuk membangun jembatan di Desa Kalipang, Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri. foto: agatha/

SELASA, 8 APRIL 2014

10

Salah satu alat peraga kampanye yang masih terpasang di jalan ahmad yani, tepatnya didepan MAN 3 Kediri, Senin (7/4). Foto:arif kurniawan/HARIAN BANGSA

Di Masa Tenang, APK di Kediri Masih Bertebaran

KPUD: Pemkot Jangan Tebang Pilih Kediri–HARIAN BANGSA Memasuki masa tenang Pemilu Legislatif alat peraga kampanye (APK) masih terlihat dibeberapa sudut di Kota dan Kabupaten Kediri. Salah satunya baliho besar di Jl Ahmad Yani depan MAN 3 Kediri. Di beberapa jalan protokol yang ada di Kota Kediri, masih nampak Gambar partai yang terpampang besar di jalan. Seperti yang ada di depan sekolahan MAN 3 Kota Kediri, nampak gambar besar Wal ikota Abdullah Abu bakar berjabat tangan dengan dua calon Legislatif yang maju melalui Partai Amanat Nasional (PAN).

Selain itu, di Jl Letjen Soeprapto kelurahan Burengan Kecamatan Pesantren kota Kediri juga masih banyak gambar Caleg yang ada di gapura Jl masuk Kelurahan, Di antaranya Caleg dari PDI Perjuangan, Partai Gol kar, Demokrat, PAN dan PBB. Namun pihak terkait dan Caleg sama sekali tidak ada niatan untuk melepas atribut kampanye. Sementara baliho berukuran besar bergambar mantan Jendral dan seorang pemilik setasiun TV yang akan maju dalam Pilpres 2014, juga masih nampak terpasang di jalan KKO harun Kelurahan Dandangan Kecamatan

Kota kediri. Menanggapi masih banyaknya baleho yang belum d iturunkan, Anggota komisioner KPUD kota Kediri Masrukin mengatakan, pihak KPUD kota Kediri telah melakukan rapat sebelumny,a satu hari sebelum memasuki masa tenang kampanye, dan rapat juga dihadiri partai peserta pemilu 2014, Satpol PP Kota Kediri, Polisi serta Panwaslu. Dalam rapat sudah disebutkan bahwa atribut kampanye dalam bentuk apapun harus sudah dilepas dan t idak terpasang d i jalan, memasuki masa tenang kampanye.

“Pihak KPU sudah merapat kan penertiban, dan meminta agar satu hari sebelum memasuki masa tenang kampanye semua alat peraga maupun atribut kampanye sudah harus dilepas,” ungkap Masrukin dalam telepon. Lebih lanjut Masrukin mengatakan sesuai dengan aturan UU no 8 tahun 2012, terkait dengan kampanye sudah disebutkan. Dikonfirmasi terkait siapa yang bertanggung jawab penertiban atribut. “Pemda harus bertanggung jawab penertiban tersebut dan tidak boleh tebang pilih dalam penertiban,” kata Masrukin. (rif)

HARIAN BANGSA

KEDIRI - TMMD ini aadalah program TNI yang ditujukan untuk membantu meningkatkan kesejateraan rakyat melalui karya bhakti membangun atau membenahi fasilitas publik, di mana kegiatan ini bersifat kerjasama antara Pemda dan Kodim. Anggaran dari Pemda namun pelaksanaan di lapangan adalah TNI bersama-sama dgn rakyat dengan cara gotong royong. Beberapa proyek yang dikerjakan adalah membuat jalan dan jembatan, merehab rumah tidak layak huni, merehab sarana ibadah dan kegiatan non fisik seperti penyuluhan kesehatan, KB kesehatan, pertanian, penghijauan. Manfaatnya Giat TMMD disamping untuk warga juga untuk memperkuat kemanunggalan tni rakyat. Kemanunggalan TNI-rakyat ini intinya ada kebersamaan dan gotong royong. Sejauh ini partisipasi masyarakat dalam giat pra tmmd sangat bagus bahkan ibu2 juga ikut bekerja. Itu karena sarana para sarana yang dibangun memang adalah sesuai dengan permintaan dan kebutuhan mereka. “TNI semakin dekat dgn rakyat,” harap Letkol Inf Drs heriyadi MSi. (kdr-1/rif/ros)

Buang Limbah ke Kali, Pemilik jadi Tersangka

Rifai : Pendemo Itu Bukan Kader Partai SIDOARJO-Ketua DPC Partai Gerindra, HM. Rifai menyesalkan ulah Zaenal yang mengajak sejumlah orang mendemo kantor partai di Perumahan Pondok Mutiara, Senin (7/4). Kelompok Zaenal mempertanyakan uang saksi dan saksi yang dibayar sendiri oleh setiap caleg (calon legislatif) tersebut dianggap merusak hari tenang yang seharusnya Ketua DPC Partai Gerindra, digunakan untuk memeHM Rifai. foto:daryanto/HARIAN nangkan pileg (Pemilu BANGSA Legislatif), Partai Gerindra. “Dari dulu dia itu selalu bikin ulah, ngrusuhi (merong-rong) kepemimpinan saya di Partai Gerindra. Saya menilai dia itu buka kader Partai Gerindra. Seharusnya kalau dia kader, tidak merong-rong terus seperti ini,”keluh HM. Rifai kemarin. Sebagai pimpinan partai, dia menyatakan selalu tekor (rugi) untuk membiayai partai. “Biaya partai sangat banyak. “Jadi pimpinan partai itu malah tekor. Karena semua biaya apapun bila ada kekurangan saya yang nangung,” jelas HM Rifai.(dar/ sta/ros)

BS saat menjalani pemeriksaan di unit pidana ekonomi Sat Reskrim Polres Kediri Kota, Senin (7/4/2014). Foto:arif kurniawan/ HARIAN BANGSA

Kediri-HARIAN BANGSA Usai melakukan serangkaian proses penyidikan dan juga mengirimkan sample air sungai yang tercemari limbah tahu, penyidik Sat Reskrim Polres Kediri Kota akhirnya menetapkan BS pemilik dua usaha tahu P dan S d i Kelurahan Tinalan Kecamatan pesantren sebagai tersangka Kapolres Kediri Kota AKBP Bud hi Herdisusianto mengatakan, dari hasil penyelidikan, dalam menjalankan usaha tahunya, P dan S, BS tidak melengkapi usahanya dengan unit pengolahan limbah (UPL) dan langsung d ibuang ke sungai. “Dalam menjalankan usaha tahu miliknya, BS ini tidak melengkapi usahanya dengan UPL dan IPL, dan

membuang l imbahnya ke sungai,” ungkap Kapolres didampingi Kasubag Humas dan juga Kasat Reskrim Polres Kediri Kota, Senin (7/4) siang. Untuk menguatkan bukti, kata mantan penyidik KPK ini, dua unit usaha tahu milik BS telah mencemari lingkungan, terutama al iran sungai Kresek, bahkan pihaknya juga sudah mengirimkan sample dari sungai disekitar lokasi usaha, dan hasilnya sungai tersebut telah tercemari l imbah tahu. “Hasil dari pengujian, menyebut kan l imbah itu telah mencemari al iran sungai melampaui baku mutu air,” ungkapnya. Dengan ditetapkan pemilik dua unit usaha tahu P dan S ini sebagai tersangka, Kapolres

berharap agar kasus seperti ini menjadi contoh bagi masyarakat yang ingin mendirikan usaha untuk melengkapi IPL dan UPL. “Dengan adanya kasus seperti ini, kami berharap bisa menjadi pelajaran bagi masyarakat, agar dalam mend irikan segala bentuk usaha untuk melengkapi IPL dan UPL agar tidak mencemari lingkungan,” harapnya. Kata Kapolres, akibat perbuatannya dengan sengaja mencemari l ingkungan, BS akan dijerat pasal 98 subsider 104 undang-undang RI nomor 32 tahun 2009 tentant perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, dengan ancaman hukuman minimal 3 tahun penjara maksimal 10 tahun penjara dengan denda minimal Rp 3 milyar dan maksimal Rp 10 miliar. Sementara BS saat diperiksa di unit pidana ekonomi Sat Reskrim Polres Kediri kota mengakui jika sebelumnya usaha tahu mil iknya tidak dilengkapi UPL. “UPL masih proses, dan sekarang sudah jadi,” jelasnya. Sebelumnya, untuk membuang limbah, BS mengaku hanya menyediakan tiga septic tank, dan saat itu oleh pemerintah tidak masalah. “Memang sebelumnya hanya menyediakan tiga unit septic tank dan itu tidak masalah. Baru tahu sekarang jika hal itu tidak diperbolehkan,” akunya. (rif/ros)

Bupati Target Kelulusan UN 100 Persen Sidoarjo – HARIAN BANGSA Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah mentargetkan peserta Ujian Nasional (UN) tahun 2014 di Kabupaten Sidoarjo bisa lulus 100 persen. Target itu dipatok agar tingkat kelulusan UN terus meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Menurut Saiful, meski mematok target kelulusan UN hingga 100 persen, namun pihaknya berharap pelaksanaan UN berjalan jujur. Karena itulah dibutuhkan komitmen semua pihak untuk mewujudkan target itu. “Makanya ikrarnya UN Jujur dan Berprestasi,” bebernya, usai pelantikan panitia rayon dan sub rayon UN mulai SD hingga SMA, di Pendopo Delta Wibawa, Senin (7/4). Saiful menegaskan, jika panitia UN juga harus optimal dalam melancarkan UN. Meski mekanisme UN lebih berat, namun kejujuran tetap harus dijunjung oleh panitia. Baik itu jenjang SD hingga SMA. “Harus jujur dan memilik tanggung jawab yang besar,” tandas

Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah menyaksikan penandatanganan pakta integritas UN 2014, di Pendopo Delta Wibawa, Senin (7/4). foto: mustain/HARIAN BANGSA Abah Ipul, panggilan karib H Saiful Ilah. Dalam UN 2014 ini total siswa yang mengikuti UN sebanyak 85.775 siswa

dengan jumlah lembaga 1.211. Rinciannya, siswa SD sebanyak 33.320 dengan jumlah lembaga 773, siswa

SMP/MTs sebanyak 27.804 siswa dengan jumlah lembaga 225, siswa SMA/MA sebanyak 11.332 dengan jumalh lembaga 99. Untuk siswa SMK sebanyak 12.104 siswa jumlah lembaga 74, paket A sebanyak 20 siswa dengan jumlah lembaga 7, paket B sebanyak 266 dengan jumlah lembaga 11, paket C sebanyak 922 siswa jumlah lembaga 20. Kepala Dinas Pendidikan Sidoarjo Mustain Baladan mengatakan, saat ini soal Unas SMA sederajat telah datang dan disimpan di Mapolres Sidoarjo. Pada Jumat (11/4) nanti, akan dipilah untuk selanjutnya didistribusikan ke 18 Polsek dan nantinya diambil oleh masingmasing panitia sub rayon UN 2014. Penjagaan dipastikan ekstra ketat dengan penyegelan pada setiap sampul soal. “Pend istribusian juga akan mendapat pengawalan dari Polres Sidoarjo,” beber Mustain. Pelaksanaan UN jenjang SMA/SMK akan dilaksanakan pada 14-16 April dan UN jenjang SMP akan digelar pada 5-8 Mei. (sta/ros)

Tak Terima Surat Panggilan

Warga Pilih Golput Anggota Polres Kediri Kota saat menggelar apel sebelum melakukan pergeseran ke beberapa TPS diwilayah hokum Polres Kediri Kota, Senin (7/4).foto: arif kurniawan/HARIAN BANGSA Kediri–HARIAN BANGSA Warga di Kota dan Kabupaten Kediri memilih golput dalam pelansanaan Pemilu Legsilatif 9 April mendatang. Sebab, mereka tidak tercatat dalam Daftar Pemil ih Tetap (DPT) dan juga tidak menerima surat panggilan. “Daripada nyoblos hanya disediakan pukul 12.00 hingga 13.00, mend ing tidak usah milih sekalian saja,” kata In, warga Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri, Senin (7/4). Menurut In, ada yang aneh dalam pendataan Pemilu legislatif kali ini. Sebab, dalam pemilihan Gubernur beberapa waktu lalu, ia mendapatkan surat panggilan. Namun, dalam Pileg kali ini ia dan anaknya tidak mendapatkan surat panggilan. “Padahal dulu (pilgub) saya mendapatkan surat panggilan, tapi sekarang malah tidak, ada apa dengan pendataan ini,” tanya In. Dalam kumpulan RT, kata In, bagi masyarakat yang tidak mendapatkan surat panggilan bisa tetap melakukan pencoblosan, hanya dengan membawa KTP dan disediakan waktu pukul 12.00 sampai pukul 13.00. “Pak RT hanya bilang, saya tetap bisa menggunakan hak suaranya, hanya dengan membawa KTP tapi waktunya itu yang membuat malas,” ujarnya. Hal yang sama juga diungkapkan, AW warga di wilayah Kecamatan Pesantren. Dalam pemilu legislatif kali ini, ia tidak

mendapatkan surat panggilan, padahal dalam Pemil ihan Walikota beberapa waktu lalu, ia mendapatkannya. “Kok bisa ya saya tidak mendapatkan surat panggilan. Padahal, dalam Pilwali lalu saya mendapatkan surat panggilan,” ujarnya. Sementara Anggota Komisioner KPU Kota Kediri Zaenal Arifin mengatakan, bagi warga yang tidak mendapatkan surat panggilan mencoblos, maka tetap diterima hanya dengan membawa kartu identitas (KTP, KK atau Paspor). “Bagi masyarakat yang tidak menerima surat panggilan tetap bisa mencoblos dengan membawa KTP atau KK atau Paspor dengan mencoblos di TPS sesuai identitas, dan waktunya pukul 12.00 sampai pukul 13.00,” jelasnya. Masih kata Zaenal, syarat lain warga yang tidak mendapatkan surat panggilan. Yakni, masih tersedianya surat suara di TPS tersebut. “Selama surat suara masih ada, tetap kami layani,” ujarnya. Sementara guna menyiapkan keamanan saat pemilu legislatif, Polres Kediri Kota, menggelar apel pergeseran pasukan ke masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS). Polresta sudah memetakan TPS rawan di wilayah hukumnya mencapai 27 titik. Akan ditempatkan 2 polisi, 4 TPS, 8 linmas. Sedangkan pada TPS aman, ditempatkan 2 polisi, 8 TPS, dan 16 linmas. (rif/ros)


11

HARIAN BANGSA

SELASA, 8 APRIL 2014

Dua Siswi SMP Diperkosa Bersamaan Surabaya-HARIAN BANGSA Naas yang dialami dua siswi kelas 3 SMP Tambaksumur. Mereka secara bersamaan diperkosa dua pemuda bejat Bagus Adi Yulianto (24) Jl. Rungkut Tengah dan Susilo Priandoko Putra (22) Pandugo. Dua siswi SMP ini sebut saja Bunga (16) dan Mawar (17) diperkosa pada Kamis (27/ 3) pukul 01.00 WIB, di rumah kosong Jl. Medayu Utara no.9. "Kedua pelaku kita tangkap setelah adanya laporan warga sekitar, bahwa rumah kosong dipergunakan untuk berpesta miras dan perbuatan asusila",

ujar Kapolsek Rungkut Kompol Yakub Silvana. Korban Bunga sebelumnya sudah kenal dengan Bagus. Perkenalan itu menimbulkan maksud bejat Bagus. Hingga pada Kamis malam keduanya melakukan janji untuk bertemuan di Jl. Pandugo sekitar pukul 22.00 WIB. Bunga mengajak temanya Mawar, sedangkan Bagus mengajak temannya bernama Susilo, dengan mengendarai kendaraan masing-masing. Begitu bertemu ke rumah kosong dan diajak menenggak minuman keras. Hingga pukul

00.30 WIB kedua korban mabuk dan tidak berdaya. Bagus mengendong Bunga menuju kamar depan rumah kosong, set idaknya 2 kal i Bunga disetubuhi oleh Bagus. Sedangkan Mawar masih dalam keadaan sedikit sadar dipaksa Susilo menuju kamar belakang rumah kosong, menelanjangi pakaian Mawar dan memperkosanya. Pemerkosaan d iketahui warga dan melaporkan kepada pihak Mapolsek Rungkut. "Saat kita lakukan pengrebekan untuk korban Bunga dan Bagus

dalam keadaan telanjang, sedangkan korban Mawar dan Susilo sedang melakukan persetubuhan", tambah Yakub Silvana. Saat dilakukan pemeriksaan, Bagus memberikan pengakuan bahwa dirinya telah berhubungan asmara dengan Bunga hampir 2 minggu, sedangkan Susilo baru mengenal Mawar pada malam itu. "Saya bersedia menikahi dia (Mawar) setelah saya tiduri", ujar Susilo. (yan/ns) Pelaku pemerkosaan, didampingi Kapolsek.

SAMBUNGAN Nahdliyin... Sambungan dari halaman 1 Rakyat mesti memanfaatkan pileg 2014 sebagai momentum mengubah nasib menjadi lebih baik. Karenanya, harus menggunakan kedaulatannya dalam memilih wakil rakyat yang bisa memperjuangkan nasib mereka hingga lima tahun mendatang. "NU sudah menginstruksikan warga Nahd liyin jangan golput," kata Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siradj di Jakarta Selatan, Senin (7/4). Said mengatakan, pemilu merupakan agenda nasional

Dari Serangan Fajar... Sambungan dari halaman 1 insan pers, adalah menghindari kecurangan-kecurangan," kata Mahfud di Yogyakarta, Senin (7/4). Dia menyebutkan sejumlah kecurangan yang akan terjadi pada pemilu. "Pertama angka golput. Misal di suatu tempat ada 300 pemilih. 200-nya memil ih, dan 100 sisanya itu golput. Suara golput ini harus diwaspadai benar agar tidak disalahgunakan," jelasnya. Kedua, lanjutnya, ada kecurangan pada kekurangan kuota jumlah pemilih. Misal dalam satu calon itu memperoleh 19 juta suara, sementara untuk lolos harus 20 juta suara, artinya calon itu tidak lolos. "Kecurangan yang muncul adalah membeli suara. Misalnya calon lain memperoleh 2 juta suara, suara ini dibeli calon yang tak lolos tadi, itu bentuk kecurangan kedua," jelasnya. Bentuk kecurangan terakhir, lanjutnya, saat rekapitulasi penghitungan suara. "Yang mengawal dari kabupaten sudah lain-lain, sehingga mun-

Anas... Sambungan dari halaman 1 Sejak ditahan di Rumah Tahanan KPK, Anas kerap melontarkan pernyataan yang bernada menyerang SBY. Belakangan, Anas meminta KPK menyelidiki dugaan aliran dana bail out Bank Century untuk pemenangan SBY dalam Pemilihan Presiden 2009. Tim pengacara Anas juga menyebut SBY memberikan uang kepada Anas. Uang itu d igunakan untuk membayar uang muka mobil Toyota Harrier. Kini, Toyota Harrier itu menjadi salah satu barang bukti dugaan korupsi yang menjerat Anas. Selain menuding SBY, pe-

Bangkai Pesawat... Sambungan dari halaman 1 beberapa petunjuk untuk mempersempit daerah pencarian," ucap Houston, seperti dikutip dari The Star, Senin (7/4). Beberapa hari lalu, sinyal yang diduga berasal dari MH370 ditangkap oleh kapal China Haixun 01. Sinyal selanjutnya pun ditangkap 90 detik kemudian. Dan, sinyal terakhir ditangkap kemarin. "Fakta bahwa adanya sinyal di lokasi membuat adanya titik terang," tambah dia. Kapal Angkatan Laut Aus-

Masih Ada... Sambungan dari halaman 12 Demikian juga di Sampang. KPU setempat kemarin mendistribusikan logistik pemilihan legislatif ke Pulau Mandangin. Distribusi ke pulau ini didahulukan karena factor cuaca. Ketua PPK Sampang Ahmad Nurul Hidayat mengatakan sebanyak 176 kotak

yang bertujuan membawa bangsa lebih baik. Jangan sampai agenda mulia yang menelan biaya besar ini gagal mencapai tujuan lantaran publik terlampau apatis. Sebenarnya, kata dia, sikap apatis publik terhadap pemilu bisa dipahami. Karena apatisme atau pilihan menjadi golput terjadi karena rasa frustasi rakyat terhadap partai politik. Rakyat kecewa karena pemilu yang diselenggarakan berulangulang tidak membawa rakyat pada perubahan yang lebih baik dan substansial. "Masyarakat frustasi dengan keadaan. Berkali-kali pemilu kok tidak ada

perubahan," ujarnya. Sekretaris Yayasan Said Aqil Sirad j, A Ashif Shofiyul lah, mengatakan pihaknya sengaja menggelar kegiatan tersebut sebagai wadah untuk berdoa bersama para ulama NU menjelang Pemilu. Tujuannya, agar Pemilu berjalan tertib dan lancar. "Ajang ini mendoakan pemilu berjalan dengan damai, karena itu pimpinan parpol diundang," katanya di lokasi, Senin (07/04). Ashif menambahkan acara ini menunjukkan bahwa Ketua Umum PBNU KH Said Agil Siradj merupakan mil ik umat bersama, bukan milik salah satu parpol. Meskipun banyak juga

para pimpinan parpol yang menggelar silaturahmi politik ke PBNU. "Pak kiai bukan milik satu parpol tapi milik semua umat," ungkapnya. Pantauan di lapangan, KH Said Aqil Siradj memimpin langsung istighotsah dan doa bersama menjelang Pemilu dengan tema Istigosah Pimpinan Partai Politik Bersama Kang Said. "Acara ini menunjukan betapa negarawannya KH Said Aqil Siradj mengumpulkan semua pimpinan parpol dalam kehidupan berdemokrasi, untuk berdoa bersama," kata Ketua Pelaksana Acara, Al Amin Nasution. (okz/rol/nuo/ns)

cul kepalsuan-kepalsuan. Tiga hal itu harus diawasi betul oleh pemantau," jelasnya. Apa betul kecurangan itu bisa terjadi ? "Ya betul, dulu waktu saya di MK, membatalkan 72 kursi anggota DPR karena kasus-kasus kecurangan seperti itu," tutupnya. Mahfud engan membeberkan dari parpol mana ke-72 kursi itu, karena saat ini merupakan masa tenang hari kedua jelang pencoblosan 9 April 2014 nanti. Sementara itu masyarakat gunung Kidul memiliki cara sendiri untuk mencegah adanya politik uang. Puluhan orang dari Forum Lintas Iman (FLI) bersama sejumlah masyarakat Gunungkidul DIY mengajak warga menghindari politik uang dengan cara yang unik. Mereka melakukan aksi tabuh kentongan di Bundaran BRI. Ketua FLI Gunungkidul, Aminudin Aziz, mengatakan pemukulan kentongan "titir" merupakan simbol masyarakat Jawa untuk peringatan tanda bahaya. Aksi itu disertai dengan pembentangan spanduk bertuliskan "Gunungkidul Siaga 1, Gerakan Menolak Politik Uang".

"Selain karena mental pelakunya, politik uang merupakan pemicu utama korupsi di negri ini," katanya. Sinyal mereka tidak telalu salah. Petugas Polres Gunungkidul, DI Yogyakarta, kemarin (7/4) menyita uang tunai Rp510 juta dalam sebuah mobil saat operasi cipta kondisi. Diduga, yang tersebut akan digunakan untuk praktik politik yang, karena di dalam mobil ditemukan atribut caleg. Informasi yang dihimpun wartawan, penyitaan uang berlangsung di kawasan hutan Bunder, Playen pada Minggu 6 April kemarin. Ketika itu, petugas menggeledah minibus Avanza yang ditumpangi tiga orang dan menemukan uang tunai di dalam kantong besar. Uang tersebut terdiri dari pecahan Rp5.000 senilai Rp200 juta dan pecahan Rp10.000 senilai Rp300 juta. Petugas kepol isian juga menemukan, atribut partai, kaos, form pengkaderan relawan, form pelatihan relawan, contoh surat suara, dan dokumen caleg di wilayah DIY dari partai Amanat Nasional. "Kami masih melakukan penyel idikan uang tersebut,

apakah palsu dan uang itu akan diberikan kepada siapa," kata Kapolres Gunungkidul, AKBP Faried Zulkarnaen di kantornya, Senin (7/4/2014). Dia menjelaskan, kecurigaan atas keberadaan uang tersebut didasari pembawa tidak meminta pengawalan pihak kepolisian padahal membawa uang dalam jumlah besar. Pihaknya pun akan berkoordinasi dengan Polda Jateng dan Jatim untuk mengusut asal usul serta kegunaan uang tersebut. "Untuk memastikan uang itu hasil kejahatan atau tidak kami akan berkoord inasi dengan Polda Jateng dan Jatim. Jika nanti tidak terbukti akan dikembalikan," jelasnya. Berdasarkan pengakuan tiga pembawa yang diterimanya, uang tersebut akan diserahkan ke seseorang di wilayah Playen untuk keperluan bisnis ayam. Dia belum bisa memastikan kaitan uang tersebut dengan upaya praktik politik uang meski ditemukan sejumlah atribut partai. "Jika ada kaitannya dengan politik uang, nanti kami akan koordinasi dengan Panwaslu," imbuhnya. (okz/rol/ns)

ngacara Anas juga menyebut Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Ed hie Baskoro Yud hoyono (Ibas) menerima uang 200.000 dollar AS. Namun, tim pengacara Anas enggan menjelaskan lebih jauh latar belakang penerimaan uang oleh Ibas tersebut. Sebelumnya, ketua tim pengacara SBY dan keluarga, Palmer Situmorang, menyatakan bahwa SBY tak pernah memberikan uang kepada Anas sebagai uang muka mobil Harrier. Dia pun menantang Anas untuk melaporkan tuduhannya kepada KPK jika memang memiliki bukti. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperpanjang masa penahanan Anas Urbaningrum terkait kasus proyek Hambalang dan kasus Tindak

Pidana Pencucian Uang (TPPU). "Tadi itu teken perpanjangan kontrak (masa penahanan) untuk 30 hari ke depan. Tetapi tidak ada penambahan bonus dan gaji," kata Anas, dengan sedikit bercanda, di kantor KPK Jakarta, Senin. Sebagaimana diberitakan, Anas merupakan tersangka penerimaan hadiah atau janji terkait proses perencanaan pelaksanaan pembangunan Pusdiklat Hambalang dan proyekproyek lainnya. Penetapannya sebagai tersangka ialah kapasitas Anas sebagai anggota DPR periode 2009-2014. Mantan ketua umum Partai Demokrat itu diduga melakukan tindakan melanggar hukum pasal 12 huruf a atau huruf b atau pasal 11 Undang-Undang

Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah menjadi Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Berdasarkan pengembangan penyidikan oleh KPK, Anas kemudian juga diduga melakukan TPPU dan dijerat Pasal 3 dan atau Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang dan atau Pasal 3 ayat 1 dan atau Pasal 6 ayat 1 Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2002 tentang TPPU juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. Juru Bicara KPK Johan Budi mengonfirmasikan masa penahanan Anas. "Iya, d iperpanjang 30 hari penahanannya," katanya. (okz/rol/kcm/rmc/ns)

tralia mendeteksi adanya sinyal baru yang konsisten dengan kotak hitam pesawat. Menurut pejabat senior, pencarian saat ini berlomba dengan waktu karena baterai kotak hitam pesawat hampir habis. "Towed Pinger Locator yang digunakan oleh kapal Australia Ocean Shield telah mendeteksi sinyal yang konsisten dengan transmisi kotak hitam MH370," kata Angus Houston, kepala Badan Pusat Koord inasi Bersama (JACC) di Perth, seperti dilansir dari Straits Times. Pertama kali, Towed Pinger Locator mendengar sinyal

tersebut selama dua jam 20 menit, dan sinyal kedua terdengar selama 13 menit. Houston mengatakan sinyal tersebut membuat para tim percaya bahwa mereka sangat dekat dengan lokasi yang diduga menjadi tempat jatuhnya pesawat. "Ini merupakan petunjuk yang kuat," katanya. Lanjutnya, langkah berikutnya adalah memperbaiki posisi dan berupaya menemukan puing pesawat. "Kami belum menemukan pesawat itu," tambahnya. Lokasi sinyal yang terdeteksi itu merupakan wilayah perairan dalam, yakni sekitar 4.500 meter

sehingga dapat menghambat pencarian kotak hitam jika jatuh ke dasar laut. "Di perairan yang sangat dalam, prosesnya akan lama," kata Houston. Ia pun menegaskan pencarian puing pesawat bisa saja membutuhkan waktu yang lama. Deteksi sinyal tersebut menjadi petunjuk yang paling kuat bagi pihak berwenang sejak MH370 hilang bersama dengan 239 orang. Saat ini pencarian pun masih dilakukan oleh sembilan pesawat militer, tiga pesawat sipil, dan 14 kapal. Wilayah luas pencarian ini diperkirakan sekitar 234 ribu km persegi. (okz/rol/rmc/ns)

dan bil ik suara yang di distribusikan ke Pulau Mandangin dari jumlah 44 TPS. Menurutnya, jumlah DPT di Pulau Mandangin sebanyak 10.786 suara dan semua perlengkapan di masing-masing TPS juga sudah disiapkan. " untuk daerah pulau mandangin di geser hari ini untuk pendistribusian logistik diantaranya kotak dan bilik suara, selain itu

perlengkapan PPS," ujarnya. Di bagian lain, dua hari menjelang pemungutan suara pemecatan dan pencoretan caleg terjadi di tubuh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Bangkalan. Ketua DPC PPP Bangkalan Abd Latif Amin Imron mengatakan telah melanyangkan surat pemecatan kepada KPU pada 2 April lalu. Caleg yang bersangkutan indisipliner di internal partai.

"Maaf saya tidak bisa menjelaskan detil karena ini masalah internal," ujarnya. Informasi diperoleh, caleg PPP Bangkalan yang dicoret adalah Jayus Salam. Saat dikonfirmasi, dia mengaku kaget. Dia mengaku tidak pernah melanggar aturan partai. "Saya dipecat dari caleg tanpa syarat, ini sudah keluar dari prosudural," akunya. (pmk-1/nit/ jun/mam/sal)

Harta... Sambungan dari halaman 1 "Makanya kalau sudah satu nisab, kita wajib berzakat. Bila belum ada kita harus perbanyak sedekah sehingga harta benda kita memberi kemanfaatan," ajak Mbah Sya'roni dalam forum pengajian Tafsir Al Qur'an di Masjid Al Aqsha Menara Kudus, Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

Sekafir Apapun... Sambungan dari halaman 1 Tafsir Ayat sebelumnya membahas tamsilan orang yang bertuhan selain Allah SWT. Pasti salah dan tak mendapatkan apa-apa. Bertuhan kepada manusia, sesuci apapun, sehebat apapun, tetap saja terbatas dan tak berdaya. Seperti umat terdahulu yang berkreasi mengangkat Tuhan menurut persepsinya sendiri, akhirnya kecewa dan tak mendapat apa-apa. Umat nabi Nuh A.S. menggagas lima tuhan besar : Wadd, Shuwa', Yaghuts, Ya'uq dan Nasr. Ada tsunami raksasa, tak berdaya apa-apa. Fir'aun juga mengaku Tuhan kelas atas, tapi tak mampu menyelamatkan diri sendiri dari dan mati tenggelam di laut Merah. Lebih lucu lagi raja Namrud yang mengaku Tuhan dan kelabakan ketika disoal oleh nabi Ibrahim A.S. " Silakan tuan ubah arah matahari yang biasanya terbit dari timur menuju arah barat menjadi dari barat ke timur". Meski mati kutu, tetap saja congkak dan belagu. Dikisahkan, Namrud mati memilukan. Tak perlu Tuhan menghadapi dengan

SMS... Sambungan dari halaman 1 Tanpa permisi SMS itu protes begini: "Kiai, Anda jangan mengajak dan menyebarkan bid'ah. Kalau menggunakan sirine sebagai tanda imsak itu perbuatan baik, niscaya Rasulul-

Tak Mau... Sambungan dari halaman 1 "Ada mahasiswa saya menilai saya masih polos tidak mau diajak belok kiri dan kanan untuk sebuah tujuan," katanya. Ada juga yang menilai Mahfud MD kurang macho di hadapan ibu-ibu ketika sosialisasi pencalonan dirinya. "Kurang gagah karena pakaiannya selalu batik, kemeja. Seharusnya seperti anak muda, sisiran, pakai kaos kemudian kampanye," katanya. Hal itu, kata Mahfud, bagus dalam bahasa kampanye memang dibutuhkan. Tetapi apapun akan terus jalan pada pencalonan sampai pada titik penentuan, pada empat atau lima pekan ke depan. Pendaftaran calon presiden akan dilakukan

Pantang... Sambungan dari halaman 1 Bukan rahasia lagi jika para caleg banyak yang menggunakan uang untuk menarik hati konstituen. Namun, hal itu pantang dilakukan oleh mantan model Arzeti Bilbina, yang juga merupakan caleg dari dari salah satu peserta pemilu. Ia lebih menggunakan popularitasnya sebagai selebriti ketimbang menggunakan uang. "Dunia entertain telah membesarkan saya. Saya punya sahabat di media. Keluarga dan masyarakat bisa mel ihat, kualitas saya dalam pemilihan ini. Saya ingin menata keluarga

Mbah Sya'roni juga mengajak hadirin untuk memperbanyak bacaan shalawat, dzikir, dan tasbih d i tengah kesibukan kerja. Dengan harapan, meraih kehidupan yang bahagia dan berlimpah pahala dari Allah. "Kendati pekerjaan itu berbeda-beda, dari yang jadi pegawai, buruh hingga petani, jangan sampai melupakan dzikir, shalawat, dan tasbih. Karena Allah menjanjikan pahala dan sebuah taman yang indah di

akhirat nanti," ujarnya. Ia menambahkan, pada waktu keluar rumah untuk mengawali pekerjaan seyogianya kita berniat dan pasrah kepada Allah SWT. Yakni, sebagaimana diajarkan Nabi, membaca bismillahi tawakkaltu alallah (dengan nama Allah aku memasrahkan diri kepada-Nya). "Niat dan amalkan bacaan yang baik, semua langkah kita akan menjadi pahala, "tandasnya lagi. (nuo/ns)

kekuatan senjata dan pasukan besar. Cukup serangga kecil diinstruksikan masuk hidungnya dan bersarang di dalam. Namrud kelepek-kelepek beberapa hari, teriak-teriak kesakitan, tak bisa tidur dan tak sempat makan, lalu mati perlahan. Jadi, ada Tuhan palsu yang dihadapi dengan pasukan, seperti Fir'aun dan ada yang cukup pakai hewan kecil saja. Andai nabi Isa d ianggap Tuhan?, silakan, itu hak setiap orang. Tapi dunia ilmu berhak menguji eksistensinya, bisa apa dia dan sejauh mana kekuasaannya?. Ternyata nabi Isa A.S. lahir setelah umat manusia sudah ada ribuan tahun hidup di dunia ini. Pertanyaannya, apakah mungkin Tuhan lahir belakangan?. Lalu umat terdahulu bertuhan kepada siapa?. Apa ada reformasi konsep teologi ?. Jika diyakini nabi Isa mati disalib, maka muncul komentar begini: "Apa mungkin Tuhan bisa dikalahkan oleh manusia?. Bukankah itu bukti kelemahan, hingga menyelamatkan diri sendiri saja tak mampu? Baru dengan dua pertanyaan ini saja, ketuhanan Isa anak Maryam bermasalah atau harus gugur secara akademik. Tapi nabi

Isa tidak diapa-apakan oleh Allah SWT, justeru malah diangkat ke langit secara istimewa. Ya, sebab beliau pribadi telah menolak mentah-mentah dirinya dianggap Tuhan. Beliau memohon ampunan untuk diri sendiri yang sama sekali tidak pernah mengajarkan itu. Juga memohonkan ampunan untuk umatnya yang salah berakidah. (alMaidah:116-118). Pada ayat studi ini diungkap, bahwa manusia itu tidak akan bisa menghidar dari Tuhan, pasti mengakui adanya Tuhan, baik secara suka (thaw'a) atau terpaksa (karha). Dalam keadaan normal apalagi berjaya, bisa saja seseorang pongah dan menyepelekan agama. Tapi pada saat kritis, sakit parah atau saat krisis, bangkrut dan terkekan, pastilah mencari-cari jalan keluar dan berlindung kepada Dzat yang bisa diharapkan. Itulah Tuhan yang mahakuasa. Kurang apa brutalnya si Fir'aun hingga tegateganya mengaku Tuhan, ternyata saat menyadari bahwa dirinya pasti akan mati tenggelam, dia berubah total dan mengakui Allah SWT. Tapi terlambat. Tobat seseorang tidak diterima ketika nyawa sudah melayang melampaui tenggorokan.

lah lah yang pertama kali menggunakan dan memerintahannya kepada para sahabat. (Sekedar memberi peringatan!!!)." Kiai Ishom paham, tiga tanda seru d i ujung itu adalah petunjuk bahwa si pengirim sedang tidak main-main. Tapi, apa yang terjadi? Kiai Ishom malah SMS balik:

"Kalau memberi peringatan melalui SMS merupakan perbuatan baik, maka Rasulullah lah yang pertama kali menggunakan dan memerintahkannya kepadapara sahabat. (Sekedar memberi jawaban!!!)." Mendapat jawaban seperti itu, si pengirim SMS tidak merespon lagi. (nuo/ns)

mulai 10 Mei 2014. Mahfud akan tetap mempertahankan dirinya meskipun dirinya akan mencalonkan diri sebagai presiden Republik Indoensia. "Kalau saya berubah, tidak ada identitas saya lagi," kata Mahfud. Ketika ditanya apakah mempertahankan pola seperti ini, Mahfud menjawab pasti. Dosen Fakultas Hukum UII ini akan bicara apa adanya yaitu berdasarkan akademis, ilmiah, dan rasional. "Tetapi ketiganya itu bukan berarti tidak perlu kebijakan dan kelenturan. Sebab akademis dalam ilmu komunikasi perlu kelenturan, dalam ilmu politik mempelajari seni kemungkinan. Tetapi prinsip dasarnya, saya tidak akan serong kanan dan serong kiri kalau saya sudah menyakini satu prinsip," katanya.

Sedang ketika ditanya tentang siapa pasangannya, Mahfud, tidak bisa mencalonkan dirinya hanya dengan satu partai dan harus menunggu hasil Pemilu legislative. Ada beberapa kemungkinan yang bisa dilakukan jika Mahfud MD mencalonkan dirinya sebagai presiden. "Apakah akan mau bergabung dengan partai besar sehingga posisinya lebih kuat, Kalau dengan partai kecil, tidak bisa memil ih untuk posisi RI 1. Ataukah dengan partai kecil dan harus melakukan koalisi di luar partai besar. Semua itu masih dianalisa. Semua peluang apakah ke PDIP, Gerindra, Golkar atau dengan partai kecil dengan membentuk koalisi. Semua itu masih dalam perhitungan yang terus dianalisis dari hari ke hari," katanya. (okz/rol/ns)

untuk masyarakat maka saya tidak menganut politik uang," kata Arzeti Senin (7/4/2014). Baginya, suara masyarakat lebih mahal ketimbang uang sebesar Rp100 ribu. Sebab suara masyarakat akan menentukan nasib bangsa lima tahun mendatang. "Buat saya suara sangat mahal ketimbang uang Rp100 ribu, jadi tidak bisa dibayar dengan uang. Kita juga ingin memperlihatkan pemilih bahwa suara mereka sangat lah mahal. Karena bisa menentukan lima tahun mendatang," tuturnya. "Apapun yang mereka (caleg lain) lakukan terserah. Yang penting aku kerja-kerja untuk keluargaku dan masyarakatku tanpa politik uang," tukasnya.

"Ya penting sekarang ikhtiar tinggal menunggu hasil dari Al lah. Saya tidak mau pragmatis, pantang bagi saya. Untuk urusan komisi belum ada target itu, yang penting menyukseskan pemilu, komisi mah gampang," ujar Arzeti. Jika harus memilih, Arzeti ingin masuk ke Komisi VII yang mengurusi tentang pemberdayaan perempuan. Ia ingin bisa memperjuangkan hak-hak seorang perempuan. "Aku ingin lebih kepada memperjuangkan suara perempuan dan membahas hak kewajiban perempuan. Aku anticaleg perempuan yang pragmatis, padahal dia contoh dan panutan anak-anaknya," tukasnya. (okz/kpl/ns)


Redaksi HARIAN MADURA Pamekasan: Rizal Sampang: Ahmad Bahri, Junaidi Jufa Sumenep: Taufik Yuspison, Ida Okvinita, Faisal ER Bangkalan: Imam Hambali

SELASA, 8 APRIL 2014

Becaanna Oreng Madhure

Masih Ada Pelanggaran Kampanye Logistik ke Pulau Mandangin Didistribusikan, di Bangkalan Caleg Dicoret Pamekasan – HARIAN MADURA Dua hari menjelang hari pemungutan suara pelanggaran kampanye oleh sebagian partai politik (parpol) peserta Pemilu 2014 masih terjadi. Di Pamekasan, misalnya, masih ditemukan alat peraga kampanye (APK) caleg dan parpol terpampang di jalan. APK dirazia oleh Panwaslu dan aparat setempat kemarin (7/4). Ada beberapa APK caleg dan parpol yang ditertibkan Panwaslu d ibantu Satpol PP dan anggota Polres Pamekasan. Salah satunya bal iho calon presiden dan wakil presiden Wiranto-Hary Tanoesoed ibjo (WIN-HT) dari Partai Hanura. Baliho itu terpajang di Jalan Raya Sumenep, Desa Tambung, Kecamatan Pademawu, dan Jalan Raya Tlanakan, Pamekasan. "Penertiban ini kita lakukan setelah mendapatkan rekom dari Panwaslu, dan juga berdasarkan PKPU serta Perbup, sehingga APK yang sampai saat ini masih ada, kita turunkan," kata Kasatpol PP Pamekasan Didik

Aktivis KMS membacakan surat rakyat terkait pelaksanaan pemilu di depan kantor KPU Sumenep. foto: ida okvinita/HARIAN BANGSA Hariadi, Senin (7/4). Sementara itu, proses distribusi logistik di Sampang dan Bangkalan d ilakukan kemarin oleh KPU setempat. "Di Bangkalan ada 18 PPK, untuk pendistribusian logistik ke 13 PPK mulai Senin (kemarin, red).

Sedangkan untuk 5 PPK lainnya dijadwalkan mulai Selasa (hari ini, red). Kemudian pada tanggal 9 April harus tuntas semua dari PPK ke TPS, " kata Ketua KPUD Bangkalan Fauzan Jakfar kemarin (7/4).

Bersambung ke Hal. 11

H. Muh. Samarudin Toyib, S.Ked, Ketua Yayasan Toyib Centre

Madura Berpotensi Lebih Maju Sumenep – HARIAN MADURA Pulau Madura memiliki kekayaan melimpah. Karenanya, pulau berjuluk Pulau Garam itu semestinya bisa jauh lebih maju dari sekarang. Demikian disampaikan Ketua Yayasan Toyib Centre H. Muh. Samarudin Toyib, S.Ked, kepada wartawan kemarin (7/4). Dia mengaku berkeinginan untuk ikut membangun Madura lebih maju. “Saya sudah membangun kerjasama dengan banyak tokoh masyarakat di Madura, kaitannya dengan pengembangan seluruh potensi yang dimiliki, baik sumber daya alam maupun SDM-nya”, tutur pria asal Sumenep yang bergelut di dunia usaha di Pulau Kendari, Sumatera, dan Trawas, Mojokerto, ini. Samarudin menjelaskan, kekayaan alam di Madura sebenarnya melimpah, dari sektor migas, garam, laut, maupun sektor agrobisnis. Namun, kata dia, potensi itu belum digarap maksimal sehingga belum mampu menyejahterakan masyarakat Madura hingga kini. “Sebenarnya banyak sekali potensi Madura yang belum digarap secara maksimal. Padahal kita punya banyak pulaupulau kecil yang bisa dikelola dengan baik dan hasilnya bisa dinikmati untuk kesejahteraan masyarakat”, tandas Samarudin. Menurut dia, untuk memajukan perekonomian masyarakat Madura sebenarnya tidak terlalu sulit. Saat ini yang dibutuhkan adalah keseriusan dari seluruh pihak terkait, terutama dari pihak eksekutif dan legislatife. Penyelenggara pemerintahan di Madura diharapkan lebih berani membela kepentingan masyarakat Madura, ketimbang menge-

H. Muh. Samarudin Toyib, S.Ked (tengah berkacamata) bersama para pendukung.

H. Muh. Samarudin Toyib, S.Ked (kiri berkacamata) depankan urusan personal dan kelompok. “Masyarakat Madura merindukan pemimpin dan wakil rakyat yang benar-benar memiliki komitmen membangun Madura, bukan malah membangun di Madura,” jelas caleg DPR RI Dapil XI (Madura) dari Partai Bulan Bintang (PBB) itu. Membangun Madura, lanjut Samaruddin, tidak harus menjadi penyelenggara pemerintahan. Namun, upaya itu bisa dilakukan secara maksimal jika berada di gedung eksekutif maupun legislative. “Banyak jalan menuju langkah perjuangan. Jalur politik di bursa legislatif bagian lain dari ikhtiar perjuangan kita. Artinya, jika gagal di jalan pemilu legislatif, masih banyak jalan lain yang bisa kita lewati meneruskan langkah perjuangan. Misalnya lewat Pemilukada 2015,” pungkas Samarudin. (adv/faisal er)

HALAMAN 12


Edisi 08 04 14