Page 1

“Kebersamaan dalam suatu masyarakat menghasilkan ketenangan dalam segala kegiatan masyarakat, sedangkan saling bermusuhan menyebabkan seluruh kegiatan itu mandeg. (Badiuzzaman Said Nursi)

SENIN

7 JUMADIL AKHIR 1435 H 7 APRIL 2014

Untuk Surabaya & Sekitarnya SUBUH

DZUHUR

ASHAR

MAGHRIB

ASYA’

04.17

11.36

14.51

17.38

18.48

Redaksi/Pemasaran/Iklan: Gedung Jawa Pos Lt 3 Jl. Karah Agung 45 Surabaya Telepon: (031) 8271624, 8270967, 8270961, 8271667, Fax: 031 8270967

HARGA ECERAN Rp. 3.500,-

Koran Warga NU Polisi Tetapkan Sopir Tersangka

Pengasuh: KHA Musta’in Syafi’i, MAg

Olah TKP, Lalin Macet

Terjemah al-Ra’d: 14

Janji Caleg "100 Persen Bohong Besar" "..ILLA kabasith kaffaih ila al-ma' liyablugh fah, wa ma huw bi balighih". Orang-orang yang menyembah selain Allah tidak akan mendapatkan apa yang mereka cari. Bagai musafir kehausan yang mencari air segar, sementara dia sudah berada di tepi sumur. Tapi dia hanya menengadahkan kedua tapak tangannya, tanpa usaha apa-apa dengan harapan air dalam sumur bisa naik sendiri masuk ke mulut. Tentu tak terjadi. Oleh kaum sufi, tamsilan tersebut d ikembangkan ke ranah ibadah. Ibadah jenis apa saja, utamanya bersedekah dan ibadah sosial lainnya tidak akan mendapatkan pahala apa-apa dari Allah, jika amal sosial tersebut terdapat unsur riya', tendensi lain selain untuk Allah.

 Bersambung ke Hal. 11

Hari Ini, PBNU Gelar Istighosah Kebangsaan Jakarta-HARIAN BANGSA Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj akan menggelar istighosah kebangsaan untuk menyongsong Pemil ihan Umum (Pemilu) 2014. Acara yang akan diselenggarakan di Pondok Pesantren Luhur Al Tsaqafah, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan tersebut rencananya dihadiri seluruh pimpi- KH Said Aqil Siroj nan partai politik. “Istighosah kebangsaan akan d iselenggarakan Senin siang besok,” kata Ketua Yayasan Said Aqil Siroj, Muhammad Said Aqil, yang menaungi Pondok Pesantren Luhur AlTsaqafah di Jakarta, Ahad (6/4). Muhammad menambahkan, seluruh pimpinan partai politik peserta Pemilu diundang ke acara istighosah kebangsaan tersebut. “Sampai saat ini yang sudah konfirmasi hadir ada Pak Hatta Rajasa, Pak Akbar Tanjung, Pak MS Kaban, dan Prof Suhardi. Pak Muhaimin (Iskandar) dan Pak Djan Farid meskipun belum konfirmasi, sepertinya mereka juga akan hadir. Insya Allah, kami optimis semua pimpinan partai politik bisa hadir,” tambahnya.

 Bersambung ke Hal. 11

KPK Dalami Cek Rp1,2 M ke Rano Jakarta-HARIAN BANGSA Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mendalami informasi mengenai adanya cek senilai Rp 1,2 miliar ke Wakil Gubernur Banten Rano Karno. Informasi itu terungkap dari staf keuangan PT Bali Pacific Pragama (PT BPP) Yayah Rod iah saat bersaksi dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsin Jakarta. "Masih d idalami Rano Karno Rano Karno-nya," kata Ketua KPK Abraham Samad, seusai memberikan orasi ilmiah dalam acara wisuda Universitas Borobudur di Jakarta Convention Center, Ahad (6/4). Yayah membenarkan adanya cek dari PT BPP kepada Rano ketika menjadi saksi dalam persidangan terdakwa bos PT BPP Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan. Jaksa menyebut cek itu keluar sekitar November 2011. Saat itu posisi Rano masih sebagai Wakil Bupati Tangerang.

 Bersambung ke Hal. 11

Doa Sebelum Makan WAKTU Gus Dur menjabat Presiden RI, sekali waktu beliau bertemu dengan para romo (pastor) seluruh Keuskupan Agung Semarang. Dan, tak ketinggalan Gus Dur menyelipkan ceritanya. Pastor-pastor itu di sebuah negeri senang berburu binatang buas. Suatu ketika, selesai misa hari Minggu, seorang pastor pergi ke hutan berburu binatang buas. Ia melihat seekor harimau. Langsung sang pastor mengokang senapannya dan menembak: “Dor – dor!”

Bersambung ke Hal.11

Polisi melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan bus pariwisata Fawaz Tour yang menewaskan 4 siswa SD di kawasan Agrowisata Tutut, Pasuruan.

Pasuruan-HARIAN BANGSA Polisi menetapkan sopir bus pariwisata Fawaz Tour, Djarkasih (55) sebagai tersangka kecelakaan yang menewaskan 4 siswa SDN Ngampelsari, Candi, Sidoarjo. Bus bernopol W 7876 UR mengalami kecelakaan di Jalan Raya Ngembal, Tutur, Pasuruan. Pria asal Madiun tersebut meminta didampingi pengacara selama proses hukum. "Sudah kita tentukan satu tersangka, pengemudi bus," kata Kapolres Pasuruan AKBP Ricky Purnama usai olah TKP kecelakaan di Jalan Raya Ngembal, Minggu (6/4/2014). Ricky menjelaskan Djarkasih menjalani perawatan di Puskesmas Purwosari pasca kejadian dan baru bisa menjalani pemeriksaan. "Yang bersangkutan (Djarkasih) juga meminta d idampingi pengacara selama pemeriksaan," jelas Ricky. Ricky menambahkan masih sangat mungkin tersangka bertambah. Selain Djarkasih, kenek bus Robert (40), warga Sidoarjo juga menjalani pemeriksaan. "Masih kita lakukan pendalaman. Kemungkinan nanti malam akan dilakukan penahanan tersangka (untuk mempermudah proses hukum)," imbuhnya. Terkait penyebab kecelakaan, pihaknya belum bisa memastikan. Hasil olah TKP akan dikroscek dengan keterangan saksi ahli dan keterangan tersangka.

Bersambung ke Hal. 11

Golkar Banyak Melanggar ICW Rilis Parpol Pelaku Politik Uang Jakarta-HARIAN BANGSA Laporan pemantauan praktik politik uang oleh Indonesia Corruption Watch (ICW) bersama jaringannya di 15 provinsi menyebutkan Partai Golkar paling banyak melakukan pelanggaran dengan jumlah 23 kasus. "Partai Golkar melakukan 23 pelanggaran politik uang berdasarkan pemantauan awal kami dalam praktik tersebut," kata peneliti bidang korupsi politik ICW, Abdullah Dahlan dalam konferensi pers di Jakarta, Ahad (6/4). Abdul lah menjelaskan, Partai Amanat Nasional menempati peringkat kedua yaitu dengan jumlah pelanggaran sebanyak 19

Daftar Parpol Pelaku Politik Uang versi ICW 1. Partai Golkar 23 kasus 2. Partai Amanat Nasional (PAN) 19 kasus 3. Partai Demokrat 17 kasus 4. Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) 13 kasus 5. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 12 kasus 6. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 10 kasus

Abdullah Dahlan

Ridwan Hisjam

7. Partai Hati Nurani Rakyat sembilan kasus

kasus. Selanjutnya adalah Partai Demokrat 17 kasus, PDI Perjuangan 13 kasus, dan Partai Persatuan Pembangunan 12 kasus. Abdullah mengatakan, aktor pelaku politik uang dan penyalahgunaan jabatan serta fasilitas negara di-

dominasi oleh kandidat atau calon legislatif yaitu sebanyak 96 kasus. Selain itu, aktor lainnya adalah tim sukses dengan 49 kasus, aparat pemerintah 16 kasus, partai dan tim kampanye sebanyak tiga kasus.

8. Partai Gerakan Indonesia Raya delapan kasus 9. Partai Bulan Bintang tujuh kasus 10. Partai Nasional Demokrat enam kasus 11. Partai Kebangkitan Bangsa dua kasus 12. Partai Keadilan dan Persatuan Indonedia (PKPI) satu kasus.

Bersambung ke Hal. 11

Nabi Palsu Cecep Sudah Tobat Tak Ada Lagi yang Mencurigakan

Goyang Morena di Sela Kerja SYAHRINI mengaku lebih bersemangat lagi dalam bekerja. Hal tersebut dikarenakan aksi goyang Morena-nya yang selalu ia lakukan di sela-sela kesibukan kerja. Tapi bisa dipungkiri, pekerjaannya sebagai penyanyi terkadang membuatnya harus menunggu lama di belakang panggung.

Bandung-HARIAN BANGSA Pihak kepolisian memastikan tidak ada lagi aktivitas yang mencurigakan di rumah Cecep Solihin di Jalan Cinta Asih Nomor 78, RT 01/11, Kelurahan Samoja, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat, pasca-pertobatan. Cecep menjadi perbincangan setelah polisi menggerebek rumahnya beberapa hari lalu terkait aktivitas aliran sesat. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cholil Ridwan menegaskan bahwa nabi palsu Cecep Solihin selamat dari jeratan hukum.

 Bersambung ke Hal. 11

Syahrini

Bersambung ke Hal. 11

Kediaman Cecep di Jalan Cinta Asih.

Film "The Raid 2: Berandal"

MUI: Seharusnya Tak Diloloskan BSF Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengkritik Lembaga Sensor Film (LSF) Indonesia atas beredarnya film "The Raid 2: Berandal" di bioskop-bioskop. Pasalnya, fim itu dinilai sadis dan tidak mencerminkan budaya Indonesia. WAKIL Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Asrorun Niam Sholeh, mengungkapkan hal itu. "Meskipun film itu diperuntukkan bagi orang dewasa, namun film "The Raid 2: Berandal" sangat sadis dan kejam serta tidak mencerminkan budaya Indonesia," tegas Asrorun. Asrorun pun mengaku sudah menonton film itu untuk kepentingan penelitian, tapi saat menonton tidak diminta dan diperiksa kartu tanda penduduk (KTP)-nya oleh petugas bioskop.

Jadi, papar Asrorun, LSF harus bertanggung jawab atas lolosnya adegan-adegan kekerasan dalam film "The Raid 2: Berandal" yang jelas tidak mencerminkan budaya bangsa. Film besutan Gareth Evans tersebut merupakan sekuel dari "The Raid: Redemption". Film ini masih berkisah tentang perjuangan pol isi, Rama (Iko Uwais) untuk mengungkap sindikat narkoba ibu kota. Film The Raid 2 sebelumnya d ilarang oleh Pemerintah Malaysia.

 Bersambung ke Hal. 11


HARIAN BANGSA SENIN, 7 APRIL 2014

KONI Surabaya Belum Serahkan Bukti Transfer Dugaan Korupsi Hibah dari Pemkot Rp 6,5 M Surabaya – HARIAN BANGSA Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur hingga kini menunggu bukti transfer dana hibah dari pihak Komisi Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Surabaya. Bukti tersebut menjadi penentu penetapan tersangka kasus dugaan korupsi hibah, dari Pemkot Surabaya ke KONI. "Memang KONI mengakui menerima dana hibah dari pemkot Rp 6,5 miliar tahun 2012. Setelah ditelusuri, penyidik menemukan selisih hitungan Rp 1,9 miliar yang tak bisa dipertanggungjawabkan," kata Kepala Seksi Penyidikan (Kasidik) Pidana Khusus Kejati Jatim, Mohammad Rohmadi, dikonfirmasi Minggu (6/4). Dua pekan lalu Kepala Kejati Jatim Arminsyah mengatakan, penyidik akan menetapkan tersangka kasus ini pada 28 Maret 2014. Dikonfirmasi ulang Jumat (4/4) lalu, dia menyatakan hasil ekspose belum bisa menyimpulkan adanya tersangka dalam kasus ini. "Belum, belum ada tersangkanya," katanya. Rohmadi menjelaskan, sebenarnya calon tersangka sudah ada. Dia mengisyaratkan si calon tersangka dari internal KONI, namun enggan menyebutkan nama si calon tersangka. Penetapan tersangka, lanjut dia, menunggu janji pihak KONI untuk menyerahkan bukti transfer dana hibah. Bukti tersebut akan memastikan ada tidaknya selisih Rp 1,9 mil iar yang d isimpangkan. "Kalau kami keburu menetapkan tersangka, tapi ternyata bukti transfernya ada, kan jadinya SP3 nanti," kata Rohmadi. (sal/ros)

Tahun Ajaran Baru, Mapel Sejarah Diajarkan di Sekolah Surabaya-HARIAN BANGSA Kurikulum 2013 mewajibkan mata pelajaran (mapel) sejarah diikuti seluruh siswa tahun pelajaran 2014 - 2015 ini. Langkah ini ini d ilakukan agar ada keterkaitan antara pendidikan dan kebudayaan dengan dimasukannya unsur kebudayaan dalam kurikulum 2013. Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Kacung Marijan mengungkapkan, mapel Sejarah ini wajib bagi semua siswa dalam setiap jenjang. Untuk jenjang SD pelajaran sejarah dimasukkan ke dalam beberapa mata pelajaran inti seperti Bahasa Indonesia, PPKN dan beberapa mapel lainnya. Untuk SMP dan SMA Buka sejarah Indonesia mapel Sejarah ini diwajibkan tempo doeloe. Foto:net dengan menjad i mapel tersendiri. Bahkan untuk SMA sejarah ini akan ditambahkan modul tambahan sejarah untuk siswa yang memilih peminatan Ilmu-Ilmu Sosial (IIS). Sedangkan untuk peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIA) mapel Sejarah ini mutlak harus diajarkan. “Dirjen Kebudayaan sudah menyiapkan dan menyusun buku peminatan khusus ilmu sejarah. Juga disiapkan modul untuk pelajaran seni budaya,” tandas Kacung. Dikatakan Kacung, untuk modul pelajaran seni budaya di sekolah, tidak cukup hanya dengan buku. Karena itu pusat sudah menyiapkan modul suplemen dalam bentuk audio visual. (nis/ros)

1.200 Personel Satpol PP dan Linmas Bersihkan APK SURABAYA-Pemkot Surabaya mengerahkan 1.200 orang anggota Satpol PP dan Linmas untuk membersihkan baliho dan alat peraga kampanye (APK), Minggu (6/4). Sebelum pembersihan dilakukan di 17 titik lokasi, dilakukan apel di halaman Taman Surya dipimpin Yayuk Eko Agustin, Asisten 1 Sekota. Menurut Yayuk Eko Agustin, aksi bersih bersih APK ini dilakukan sebagai kepedulian Pemkot Surabaya untuk menjaga kebersihan kota. "Ini kami lakukan atas inisiatif Pemkot Surabaya sendiri karena masih banyak baliho dan bendera caleg dan parpol yang masih berdiri di tempatnya. Padahal mulai hari ini sudah memasuki masa tenang pemilu," katanya, usai memimpin apel. Wahyu Hariadi, Ketua Panwaslu Surabaya yang ikut apel ini mengatakan sudah keliling memantau pencopotan baliho oleh parpol dan caleg. Namun pelepannya baru 5 persen saja, yang belum dicopot masih banyak. "Saya muter tadi malam masih banyak, kecil prosentase diturunkan parpol, ini ironis sekali, ini kan masa tenang, mulai tadi malam pukul 00.00 WIB mereka sudah harus menurunkan sendiri," katanya.(lan/ros)

Paguma Bangun Asrama Mahasiswa Surabaya-HARIAN BANGSA Gubernur Jatim Soekarwo mengaku terpukau akan nilai kebersamaan yang dibangun masyarakat Madiun yang tergabung dalam Paguyuban Madiun (Paguma) yang tersebar di berbagai seluruh penjuru tanah air. Hal itu disampaikan Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim itu saat Peletakan Batu Pertama Asrama Paguma di Keputih, kemarin (6/4). Menurutnya, kebersamaan Paguma diwujudkan dalam berbagai hal positif, di antaranya melakukan pertemuan rutin, reuni akbar. Semakin seringnya kegiatan ini membawa dan menambah nilai kebersamaan sehingga anggota Paguma baik yang muda maupun tua tetap terjalin tali silaturahmi. Pakde Karwo menuturkan, dengan adanya Paguma, orang asli Madiun yang ada di seluruh penjuru tanah air akan semakin kuat ikatan persaudaraannya. Sehingga apabila ada informasi yang berguna guna perkembangan Madiun akan tersampaikan secara langsung dan cepat. Salah satu kegiatan yang mendapatkan apresiasi khusus dari Gubernur Jatim itu adalah akan dibangunnya asrama khusus menampung mahasiswa asal Madiun yang memiliki kesempatan menempuh jalur pendidikannya di Kota Surabaya. "Dengan begitu, masyarakat Madiun akan terbantu dengan berfungsinya asrama tersebut. Sehingga akan membantu perekonomi-

Gubernur Soekarwo menandai dengan peletakan batu pertama pembangunan asrama mahasiswa Paguma. Foto:nisa/HARIAN BANGSA an sebuah keluarga karena pengeluaran kebutuhan untuk kost terminimalisir karena ada asrama ini," ucapnya. Sementara Marsekal (purn) Djoko Suyanto yang merupakan putra asli Madiun mengatakan, nilai kebersama-

an, kepedulian dan keinginan anggota Paguma untuk memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat Madiun dan Jatim patut diberikan apresiasi khusus. "Hal ini merupakan wujud keseriusan Paguma dalam memberikan fasilitasi

kepada anak asli Madiun dalam melanjutkan cita-citanya. Niat baik seperti ini pasti akan menjadi langkah awal agar pembangunan bisa cepat diselesaikan d imanfaatkan untuk kepentingan bersama," tambahnya. (nis/ros)

Jubir KPK: Nanti akan Dijelaskan Terkait Laporan Fathorrasjid Soal Dugaan Korupsi P2SEM Surabaya–HARIAN BANGSA Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur telah menyerahkan data 162 perkara korupsi Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Data diminta komisi antirasuah itu untuk dikonfirmasikan dengan data laporan mantan Ketua DPRD Jatim Fathorrasjid, mantan napi kasus P2SEM. Diserahkannya data 162 perkara korupsi P2SEM itu disampaikan Plt Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Ja-

tim Risky Fahrudi, Jumat (4/ 4). Dikonfirmasi soal data yang d iserahkan Kejati itu, juru bicara KPK Johan Budi SP mengaku akan mengecek itu. “Nanti akan saya cek dulu. Besok (hari ini, red) mungkin akan saya jelaskan,” katanya dihubungi HARIAN BANGSA via ponsel kemarin (6/4). Sebelumnya, kepada wartawan Risky menjelaskan, sekitar tiga minggu lalu Kejati menerima surat dari KPK perihal permintaan data perkara korupsi P2SEM. Kejati lalu menyerahkan

data 162 perkara P2SEM yang sudah inkracht kepada KPK, juga kepada Kejagung. Data ini, lanjut Risky, kemungkinan akan dikonfirmasikan oleh KPK dengan data laporan dari Fathorrasjid, untuk menentukan ada tidaknya tersangka lain dalam kasus P2SEM. "Sejauh ini selain yang 162 perkara sudah inkracht itu tidak ada tersangka lain. Kalau KPK berpendapat lain, monggo," kata Risky. Johan Budi sendiri kepada wartawan beberapa waktu lalu

mengaku telah menerima laporan kasus P2SEM dari Tim Ranjau 09, tim bentukan mantan terpidana kasus ini, Fathorrasjid. Johan mengisyaratkan laporan Fathor akan diserahkan ke Kejati Jatim untuk ditindaklanjuti. Kasus P2SEM heboh di Jatim sejak tahun 2009 silam. P2SEM adalah program bantuan hibah dari Pemprov Jatim 2008 lalu, yang disalurkan kepada organisasi dan kelompok masyarakat, melalui Bapemas. Untuk mendapatkan hibah P2SEM,

pengaju harus mendapatkan rekomendasi dari anggota DPRD Jatim saat itu. Nah, diduga kuat, ada tindakan sunat-menyunat pada pencairan P2SEM dan mel ibatkan banyak anggota dewan. Kejati sudah memenjarakan Ketua DPRD Jatim saat itu, Fathorrasjid, dalam kasus ini. Setelah keluar dari penjara beberapa waktu lalu, dia balik menyerang dan membeberkan data terkait keterlibatan pihak lain, termasuk pihak Pemprov Jatim, ke KPK. (sal/ros)

DPR Pastikan Tunggakan Jamkesmas 2013 Cair Bulan Ini Surabaya-HARIAN BANGSA Ketua Panitia Kerja (Panja) Kesehatan Komisi IX DPR RI, Soepriyatno menjamin seluruh tunggakan Jamkesmas 2013 yang secara nasional mencapai Rp2,6 triliun, sementara Jawa Timur sendiri dari total nilai tersebut sekitar Rp200 miliar selesai bulan ini (April). Informasi itu sesuai dengan laporan Menkes dan Menkeu ke Komisi IX yang menyatakan akan mencairkan dana ini. "Saya jamin seluruh tunggakan Jamkesmas akan selesai pada April ini. Mengingat dana tersebut sudah dialokasikan dalam APBN 2013. Kalaupun ada keterlambatan itu karena pihak Menkes masih menunggu audit dari BPK yang baru selesai pada akhir Februari 2014," tegas

pria yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Jatim itu, kemarin. Ditambahkannya, kalaupun dari tunggakan masih kurang, maka eksekutif dalam hal ini Menkes bisa menggunakan adan on call yang dalam APBN 2014 dianggarkan sebesar Rp15 triliun. "Jadi pihak rumah sakit tidak perlu khawatir tidak akan dibayar tunggakannya. Semua sudah clear tinggal penyerahannya," paparnya. Soepri membeberkan tunggakan Jamkesmas secara nasional paling besar ada di lima provinsi yaitu Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan dan Kal imantan Barat. Karena itu, rencananya lima gubernur di provinsi akan diundang dalam rapat dengar pendapat dengan

Komisi IX DPR RI bersama Menkeu, Menkes, BPKP (Badan Pemerikasa Keuangan dan Pembangunan) dan Bappenas. "Pertemuan ini sangat mendesak. Selain membahas soal keterlambatan pencairan dana Jamkesmas 2013 sekaligus untuk membahas program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) berupa BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) agar tidak terulang kembal i seperti program Jamkesmas," lanjutnya dengan nada tinggi. Politisi Gerindra mengungkapkan, pihaknya tidak ingin kasus Jamkesmas terulang kembali pada program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), sebelumnya Komisi IX DPR RI memberikan deadline kepada Menkes dan Menkeu untuk

segera membayar tunggakan kepada seluruh rumash sakit milik pemerintah pada pertengahan Maret 2014. Secara nasional jumlah tunggakan Jamkesmas selama 2013 total mencapai Rp 2,6 tril iun, sementara Jatim sendiri dari total tersebut senilai Rp 200 miliar . "Kami berharap Menkeu segera mencairkan dana tersebut pada Maret ini. Apalagi saya sudah katakan kepada mereka untuk segera dibayar setelah audit BPKP selesai.Dana tersebut sangat penting bagi rumah sakit untuk membiayai biaya operasional sekaligus membayar hutang ke perusahaan farmasi," tegas Ketua HKTI itu. Terpisah, Ketua Komisi E DPRD Jatim, Sugiri Sancoko mengaku jika beberapa rumah sakit

milik pemerintah provinsi mengeluh karena tunggakan klaim jamkesmas yang nilainya puluhan miliar belum dibayar oleh pemerintah pusat melalui kemenkes. Akibatnya, pelayanan kesehatan masyarakat di rumah sakit menjadi tidak maksimal. Berdasarkan data yang ada, lanjut politisi asal Partai Demokrat, tunggakan RS dr Soetomo Surabaya mencapai Rp.58 miliar, RS Saiful Anwar Malang Rp.30 miliar, RS haji Surabaya Rp.20 miliar, kemudian RS dr Soedono Madiun RSJ Menur surabaya dan RSJ Malang nilainya masing-masing sekitar puluhan miliar. "Total tunggakan klaim Jamkesmas di rumah sakit mil ik provinsi Jatim mencapai Rp200 miliar," ungkap politisi asal Ponorogo itu. (mdr/ros)

Kasek Lakukan Pakta Integritas UN

LPKS Sepakat PDAM Berganti Nama SURABAYA-Ketua Lembaga Perlindungan Konsumen Surabaya Paidi Prawirorejo sepakat jika PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) menjadi Perusahaan Daerah Air Bersih (DPDAB). Pasalnya, hingga saat ini tidak ada satupun PDAM di seluruh Indonesia yang mampu menyediakan air siap minum, tapi hanya mampu menyediakan air bersih. Baginya, tidak masalah penggantian nama perusahaan, karena itu bagian dari pertanggungjawaban pada masyarakat. "Jadikan saja nama PDAM jadi PDAB, tidak masalah. Nanti masyarakat kan bisa memasak air bersih dari PDAB itu untuk jadi air minum. Memang seharusnya, nama perusahaan itu harus jelas, air bersih apa air siap minum," ujarnya. "Untuk menjadikan air bersih PDAM menjadi siap minum, diakui memang terkendala pada sarana dan prasarana (banyak pipa yang tua dan sudah rusak)," pungkasnya. Menanggapi perubahan nama dari PDAM menjadi PDAB, Humas PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, Sayid M Iqbal enggan menanggapi. Menurut dia, PDAM sudah berupaya maksimal dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai perusahaan yang menyediakan air bersih dan layan untuk diminum.(lan/ros)

Pemimpin Umum: M Mas’ud Adnan Pemimpin Redaksi: Abdurrahman Ubaidah Redaktur Pelaksana: Nur Syaifudin Redaktur: Nur Syaifudin, Rosihan Choirul Anwar, Nur Faishal, Musta’in

2

Surabaya-HARIAN BANGSA Menjelang pelaksanaan ujian nasional (UN), Walikota Surabaya Tri Rismaharini melakukan pakta integritas bersama para kepala sekolah mulai tingkat SD hingga SMA/SMK, Minggu (6/4). Komitmen bersama untuk menjaga kelancaran UN tanpa kecurangan ini digelar di aula SMA Petra 1 Surabaya yang disaksikan oleh Mendikbud M.Nuh. Hadir pada acara ini sekitar 1.300 guru dan kepala sekolah SD hingga SMA/SMK se Surabaya. Pada pakta integritas ini secara simbolis ditandatangani oleh kepala sekolah SDN Jagir 1, SD Petra 5 , SMPN 5, SMP Barunawati, SMAN 7, SMA Dr. Soetomo, SMKN 1, dan kepala sekola SMK Satya Widya. "Saya

Walikota Surabaya Tri Rismaharini dan Mendiknas M. Nuh ingin tidak ada kecurangan unas 2014. Saya yakin anak anak peserta unas di Surabaya akan lulus 100 persen," ujar Risma. Risma juga menitipkan pesan kepada para guru dan kepala

Staf Redaksi: Rochmatun Nisa, Maulana, Rusmiyanto, M. Didi Rosadi, M Hayan Dewan Redaksi: H Abdul Wahid Asa, M Mas’ud Adnan, Abdurrahman Ubaidah Koordinator Liputan: Rosihan Choirul Anwar Sidoarjo: Daryanto Mojokerto: Ahmad Gunadi, Rochmad Saiful Aris, Yudi Eko Purnomo Jombang: Adi Susanto Gresik: M Syuhud Almanfaluty, M. Shofi’i Lamongan: Haris Sugianto, Azharil Farih Tuban : Suwandi Bojonegoro: Nur Hadi Sampang: Ahmad Bahri Pamekasan: Rizal Pasuruan: Bambang Darma Widjatmoko, Sulistyawan Bondowoso: Sugiyanto Situbondo: Hadi Prayitno Jember: Yudhi Indrawan Probolinggo: Andi Sirajuddin Lumajang: Imron Ghozali Blitar: Try Susanto Kediri: Arif Kurniawan Nganjuk: Bambang DJ Madiun: S Setyawan Dhani Magetan: Nanang Ari Purnomo Tulungagung: Agus Dwi Cahyono Iklan: Yuni, Kemal Rizal, Doni Sujito Pemasaran/Sirkulasi: Kemal Rizal, Nur Ali Pracetak: M Dikman (Kepala), Althof, Haksni, Aulia Rachman, Robby Yanto.

sekolah untuk senantiasa memberi motivasi kepada anak didik yang akan mengikuti unas. Dengan motivasi ini maka rasa percaya diri siswa akan makin besar sebelum menempuh unas.

"Yang penting agar anak-anak ini diyakinkan akan bisa melalui unas dengan baik. Jangan sebaliknya siswa ditakut takuti menjelang unas .Ini hasilnya tidak baik karena siswa akan mengelami stres dan takut menjelang unas," kata walikota. Menurutnya pelaksanaan unas 2013 silam menjadi contoh yang baik karena terlaksana sesuai harapan dan lancar. "Saya yakin mereka bisa, kita dorong agar mereka tak grogi dan takut, kita harus disiplin tapi tidak harus kaku kepada anak didik," katanya. Selain itu Risma juga yakin jika seperti tahun 2013 lalu, unas tahun ini di Surabaya juga tidak ada kebocoran soal. Masyarakat diminta Risma tidak gampang per-

caya dengan isu kebocoran soal. "Itu pasti tidak benar kalau ada bocoran soal yang beredar luas sebelum unas, lah soalnya saja belum dikeluarkan kok jawabannya sudah muncul," katanya. Soal soal yang dijadikan bahan unas saat ini kata Risma dijamin aman, masing masing disimpan di Polres. Bahkan Risma juga memastikan sendiri soal soal itu disimpan aman di kantor polisi. "Soal soal itu digembok rapat jadi tidak bisa sembarangan keluar. Saya sendiri ikut memastikan pengamanan di Polres," katanya. Sesuai jadwal, Unas SMA/ MA/SMK/MAK/SMALB tanggal 14 - 16 April 2014. Unas SMP/ MTs/SMPLB tanggal 5-8 Nei 2014 dan Unas SD/MI/SDLB tanggal 19 - 21 Mei 2014. (lan/ros)

Komisaris: Ali Maschan Moesa, Masyhudi Muhtar, H Muid Direktur Utama: Juniarno D Purwanto Direktur: M Mas’ud Adnan, H Abdul Wahid Asa. Pemimpin Perusahaan: M Dikman Alamat Redaksi/Pemasaran/Iklan: Gedung Jawa Pos lantai 3 Jl Karah Agung 45 Surabaya, Telp: (031) 8271624, 8270961, 8271667, Fax: 031 8270967, Website: www.bangsaonline.com Email:bangsa2000@yahoo.com, harianbangsa@gmail.com Tarif Iklan: Display colour Rp. 45.000/mmk, Display BW: Rp. 25.000/mmk, Iklan spot 2 warna: Rp. 35.000/mmk, Sosial/Duka Cita: Rp. 10.000/mmk, Iklan Baris Rp. 10.000/baris Harga Langganan: Rp. 80.000/bulan, Harga Eceran (Pulau Jawa): Rp. 3.500/eks. Luar Jawa: plus ongkos kirim. Perwakilan Jakarta: Jl. Kebayoran Lama 12 Jakarta Selatan. Percetakan: PT Temprina Jawa Pos . No. Rekening: BRI 041201000321308 a/n PT DUTA BANGSA INTERMEDIA PERS.


3

HARIAN BANGSA

Sejumalah Atribut Kampanye masih Terpasang MOJOKERTO-Sejumlah atribut kampanye baik milik partai politik (parpol) maupun calon anggota legislatif (Caleg), masih terpasang di beberapa tempat di Mojokerto. Atribut-atribut tersebut terlihat memenuhi jalan-jalan protokol meski saat ini sudah memasuki masa tenang. Sebelumnya, pihak Satpol dan Panwas setempat mengklaim sudah membersihkan sekitar 60 persen alat peraga hingga Minggu (6/4). Pantauan di lapangan, bando partai berukuran besar yang tepasang melintang masih bertengger tak tersentuh penertiban. Seperti iklan bando Partai Hanura di Jl Gajahmada dan Jl Bhayangkara. Demikian juga dengan baliho raksasa milik PDI-P bertuliskan “Coblos Nomor 4, Jokowi Presiden” mendominasi beberapa sudut kota. Di ruas-ruas jalan akses menuju jalan protokol, atribut kampanye berupa spanduk, baliho, pamflet, maupun stiker partai politik dan calon legislatif, seperti di kawasan perumahan Magersari Indah, Perumahan Wates Kecamatan Magersari masih tampak terpasang. Juga di sejumlah jalan perkampungan yang dapat diakses kendaraan roda empat, juga masih mudah d itemui bendera partai, bal iho, stiker hingga selebaran yang ditempel pada pohon dan tiang listrik. “Mulai pagi tad i anggota kami terus bergerak membersihkan alat peraga partai di sejumlah titik. Prioritas utama, jalan-jalan protokol. Sampai sekarang, sekitar 60 persen yang sudah dibersihkan,” kata Kasatpol PP Kota Mojokerto, Agus Supriyanto. Alasan pemangku ketertiban mel ibas alat peraga kampanye caleg tersebut, selain karena memasuki masa tenang Pileg, juga untuk penegakan Perwali 48/2013 tentang Pemasangan Alat Peraga Kampanye. “Tentunya, juga terkait rekomendasi Panwaslu,” sergah dia. Agus tak menampik jika bando pol it ik masih terpampang. Pihaknya mengaku kesul itan jika menurunkan bando secara manual. “Harus ada alat bantunya. Besok kita copot dengan alat bantuan truk arm hole DKP,” imbuhnya. Terpisah, Ketua Panwaslu Kota Mojokerto, Elsa Fifayanti mengatakan, semestinya caleg dan partai yang lebih proaktif menurunkan sendiri alat peraga mereka. Karena hal itu menyangkut tingkat kesadaran caleg dan partai dalam melaksanakan aturan-aturan dalam pemilu, termasuk pencabutan atribut di masa tenang. “Memang partai cukup proaktif. Tapi belum optimal untuk melepas sendiri alat peraga kampanyenya,” ujarnya. (yep/lan)

PKB Tolak Politik Uang Surabaya-HARIAN BANGSA Calon anggota legislatif dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mulai tingkat DPR RI, DPRD Jatim, DPRD Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo usai melakukan bersih-bersih atribur Alat Peraga Kampanye (APK) menggelar pertemuan internal. Dalam silaturahmi antar caleg PKB daerah pemil ihan (Dapil) Surabaya dan Sidoarjo itu, para caleg mendeklarasikan menolak politik uang dan politik transaksional. “Pertemuan ini bersifat internal, selain kumpul-kumpul juga mengingatkan agar para caleg tidak melakukan pol itik transaksional. Dan, yang pasti di PKB, semua calegnya tidak melakukan itu. Dan, yang paling penting jika ditemukan hal itu, ini menjadi tugas Panwas untuk menindaknya,” ujar caleg DPR RI nomor urut satu yang juga Sekjen DPP PKB, Imam Nahrawi, kemarin (6/4).

Calon anggota legislatif (Caleg) PKB se-Dapil Jatim I mendeklarasikan Tolak Politik Uang di Surabaya, kemarin. foto: didi rosadi/HARIAN BANGSA Pada kesempatan yang sama, Caleg DPR RI dari Daerah Pemilihan Jatim I, Surabaya dan Sidoarjo, Arzeti Bilbina Setiawan menegaskan, dirinya akan bermain cantik. Sebagai caleg perempuan melakukan praktik transaksional

dengan memberikan uang kepada masyarakat di daerah pemilihan adalah hal yang tabu. “Sebagai caleg perempuan, khususnya di PKB kami merasa malu jika melakukan itu (politik uang-red). Jadi hal se-

perti itu jelas kita hindari. Sesama perempuan, kami akan menjaga perasaan kaum ibu untuk tidak bermain uang,” tegas Arzeti yang diamini caleg lainnya. Caleg dengan nomor urut tiga itu menambahkan, seluruh caleh PKB khusunya di dapil Jatim I menghindari saling jegal antar sesama caleg. Bahkan, lanjutnya pihaknya terus saling membantu, memberikan pencerahan kepada masyarakat agar memilih caleg yang amanah, bisa menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat dan mengedepankan kepentingan masyarakat, bukan kepentingan partai apalagi diri sendiri. “Sebagai kaum wanita, para ibu yang menjadi kepala rumah tangga, kami tabu dan menghindari hal itu. Apalagi kami dari PKB yang mengenakan hijab seperti ini akan menjaga etika politik dan menjaga harga diri sebagai wanita,”tandas caleg berlatar selebritis itu. (mdr/lan)

9 April Ditetapkan Libur Nasional JAKARTA-Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Keputusan Presiden Nomor 14 Tahun 2014 yang ditandatanganinya pada 3 April 2014 menetapkan, bahwa hari Rabu, 9 April 2014, sebagai hari libur nasional. “Hari Rabu, tanggal 9 April 2014 sebagai hari libur nasional untuk pemungutan suara Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah,” bunyi poin pertama Keppres tersebut. Selain itu, dalam Keppres No. 14/2014 itu disebutkan, jika ada hari dan tanggal lain yang ditetapkan oleh KPU untuk pemilihan umum lanjutan dan/ atau susulan, juga ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional. “Keputusan Presiden ini

PBS Optimis Jatim Lumbung Suara Golkar SURABAYA-Ketua DPP Partai Golkar, Priyo Budi Santoso (PBS) optimis Jawa Timur akan kembali menjadi lumbung suara Partai Golkar. Optimisme Priyo berdasar banyaknya massa yang menghadiri kampanye hari terakhir pemilihan umum (pemilu) di Gedung JX International, belum lama ini. "Saya optimis Jatim akan kembali menjadi lumbung suara bagi Golkar seperti pada pemilu di masa Orde Baru,"tandas Priyo, kemarin. Wakil Ketua DPR RI itu mengungkapkan, di masa orba bangsa ini pernah mengalami stabilitas politik dan ekonomi yang baik, sehingga pembangunan dan lapangan kerja menjadi terbuka lebar. Dan di masa itulah, Golkar yang menjadi motornya. Priyo Budi Santoso juga menyampaikan Partai Golkar akan tetap mengawal kepentingan rakyat. Melalui momentum tahun 2014 ini, Partai Golkar bersama rakyat akan siap merubah nasib bangsa. "Kita jangan sampai salah pilih. Partai Golkar adalah pilihan yang paling tepat," ujar Priyo Budisantoso yang juga caleg DPR RI dari dapil Surabaya-Sidoarjo. Jargon orde baru semkin kentara dijual oleh partai bernomor urut lima itu. Terbukti, saat kampanye terakhir nasional Partai Golkar di Surabaya. Partai yang menjadi penguasa di era Orba itu menampilkan dua putri mantan Presiden Soeharto yaitu, Siti Hardiyanti Rukmana (Tutut) dan Siti Hediati Soeharto (Titik). Dalam orasinya, Titiek Soeharto kembali mengingatkan enaknya kehidupan di jaman pemerintahan Soeharto. Bahkan, Titik juga menandaskkan di era itu, kesejahteraan rakyat masih bisa dirasakan. "Piye, jek enak jamanku tho," teriak Titik disambut koor setuju ribuan massa Golkar. (mdr/lan)

DISTRIBUSI– Sejumlah pekerja tengah menyiapkan logistik pemilu sebelum dikirim ke PPK se-Kabupaten Sidoarjo, di halaman kantor KPU Sidoarjo, Sabtu (5/4) lalu. foto : mustain/HARIAN BANGSA

Logistik Pemilu Diangkut Perahu Sidoarjo-HARIAN BANGSA KPU Sidoarjo menjamin logistik Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 tiba di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada H-1 pelaksanaan Pileg 9 April. Untuk itu, KPU bakal menyiapkan dana untuk sewa perahu untuk pengiriman logistik ke tiga TPS di kawasan terpencil di Sidoarjo. Sekretaris KPU Sidoarjo Sulaiman menyatakan, pihaknya berupaya agar semua logistik pemilu tiba di masing-masing TPS sehari sebelum hari H Pileg 2014. “Karena itu kami akan menyiapkan dana sewa perahu untuk mengangkut logistik pemilu ke sejumlah TPS d i kawasan terpencil d i Sidoarjo. Kami akan meminta PPK (Panitia Pemil ihan Kecamatan) untuk segera mengajukan laporan untuk sewa perahu, ” jelas Sulaiman, Minggu (6/4). Menurut Sulaiman, ada tiga TPS yang jadi perhatian KPU Sidoarjo karena lokasinya kurang memungkinan dijangkau dengan jalan darat. Untuk alternatif, akses ke kawasan itu memakai perahu. Tiga lokasi itu, yakni Dusun Pucukan dan Dusun Kalikajang

di Desa Gebang Kecamatan Sidoarjo dan Dusun Kepetingan Desa/Kecamatan. “Bisa lewat jalan darat, namun susah, karena jalan lewat areal persawahan,” bebernya. Kata Sulaiman, proses distribusi logistik pemilu di Sidoarjo ditarget rampung pada Minggu (6/4). Distribusi itu berupa surat suara DPR Kabupaten. Sedangkan surat suara DPD, DPR RI dan DPRD Propinsi sudah tiba di 18 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Sidoarjo. “Hari ini (kemarin) kami target pengiriman seluruh logistik sudah rampung,” cetus Sulaiman. Dia juga menyatakan kekurangan surat suara sudah diterima oleh KPU Sidoarjo. Diketahui Pileg 2014 d i Kabupaten Sidoarjo akan diikuti oleh pemilih yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), berjumlah 1.376.112. Jumlah pemilih ini masih d itambah dengan pemil ih yang tercatat dalam Daftar Pemil ih Khusus (DPK), sebanyak 5.424 pemilih. Para pemilih ini bakal menggunakan hak pilihnya pada 3.410 Tempat Pemungutan Suara (TPS) seKabupaten Sidoarjo. (sta/lan)

Mojokerto-HARIAN BANGSA Tiga hari menjelang pelaksanaan pemil ihan legislatif (pileg) 2014, Pemkab Mojokerto, KPU, dan Panwaslu menggelar doa bersama lintas agama di Pendopo Graha Majatama, kemarin (6/4). Acara berdoa tersebut diikuti oleh 600 orang dari tiga tokoh agama yakni Islam, Kristen dan Hindu. Termasuk 511 orang calon legislatif (caleg) Kabupaten Mojokerto. Doa bersama untuk Agama Islam dipimpin oleh H Mokh. Amir Sholehuddin, dari Kementrian Agama. Agama Kristen dipimpin oleh Pdt. Yan Suatman dari Badan Musyawarah Antar Gereja (Bamag). Sedang Hindu dipimpin Katiran pengurus Parasida Hindu Darma Indonesia. "Doa ini bukan hanya untuk

RUPA-RUPA MINUMAN

RUPA-RUPA

AQUADEES MURAH BERKUALITAS Harga 13jt, 16jt, 23, 30, 39jt sd 99jt ATAU KERJASAMA TANPA BELI ALATJAMINAN Jaminan Bahan Baku Air Prigen dg Sumber & Mobil Tanki Sdri. Hub. Komp Ruko Cipta Menanggal 58 Sby Telp. 031-8295355, 77770776, 0817300776, 081232379770 fn*1/3-30/3/14

SINA WATER FILTER Sedia Alat Penjernih Air utk atasi air kotor, keruh, bau, warna pada air sumber/pam. Garansi Tabung 5 Th, Garansi Media 1 Th. Harga Terjangkau. Hub. 031-71249578, 7874951 fn*10/3-9/4/13

MAKANAN BERAS ORGANIK Madura - Sehat - Murah - Enak - Pulen - Harga Promo Rp. 10 Rb / Kg Hub: Jl.Pagesangan 2 No.63 Sby Telp. 03170182870, 081231689596 hw*12/3-11/4/14

AHLI GIGI “GIGI LANGSUNG JADI” Awet, Enak Dipakai Seindah Aslinya. Hub. 0318012259, 085646037676 Minggu, Hari Libur Buka !!! fn*6/4-7/5/14

fn*9/3-8/4/13

mendoakan kelancaran Pileg, namun juga mendoakan agar 50 orang caleg yang nantinya akan terpilih di kursi dewan benarbenar amanah dalam membawa perubahan bangsa Indonesia menjadi lebih sejahtera,'' papar Ketua KPU Kabupaten Mojokerto, Ayuhan Nafiq. Sementara itu, Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa berpesan agar KPU dan Panwaslu dapat bekerja lebih maksimal. “KPU dan Panwaslu harus bekerja dengan baik, amanah, akukan tugas sesuai aturan yang berlaku, agar tidak terjadi keresahan dalam masyarakat atas hasil Pileg nanti,” harap MKP. ““Setelah kampanye, doa bersama ini merupakan ikhtiar agar tetap legowo menerima apapun hasilnya pada tanggal 9 April besok,” tambahnya. (yep/lan)

Doa bersama yang digelar para tokoh lintas agama di Pendopo Graha Majatama, kemarin (6/4). foto: yudi eko purnomo/HARIAN BANGSA

didi rosadi/HARIAN BANGSA

MINUMAN

mulai berlaku pada tanggal ditetapkan,” bunyi poin kedua Keputusan Presiden Nomor 14 Tahun 2014 itu, seperti dilansir dari Setkab.go.id. Sebelum ini Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar melalui Surat Edaran Nomor Se.2/Men/III/2014 yang ditandatanganinya pada 26 Maret 2014 telah menetapkan 9 April 2014 sebagai hari libur bagi pekerja/buruh. “Dengan penetapan ini diharapkan agar para pekerja/buruh dapat menyalurkan aspirasi politik dalam pesta demokrasi yang diselenggarakan lima tahun sekal i,” bunyi Surat Edaran Menakertrans yang ditujukan kepada para Gubernur, Para Bupati/Wal ikota d i seluruh Indonesia.(jkt/lan)

Jelang Pemilu, Tokoh Agama Gelar Doa Bersama

Ketua DPP Partai Golkar, Priyo Budi Santoso saat kampanye Partai Golkar di JX International, Surabaya. foto:

RUPA-RUPA

SENIN, 7 APRIL 2014

hw*22/3-22/4/14

up*26/2-27/3/14

up*20/3-20/4/14

JUAL ANYAMAN WEBBING ROTAN Spesialis Anyaman Antik Harga: Webbing Clos 3mm 38.000/m2, Webbing Clos Sendit 3mm 61.000/m2, Webbing Clos FOC 3mm 41.000/m2, Webbing Square 2,5mm 35.500/ m2, Webbing Open 2,5mm 60.000/m2, Anyaman 33 2,5mm 66.000/m2 Hub. Pak Yanto Telp. 031-70950008, 081332208448

JUAL / BELI ALAT FITNES Baru/Second Murah Hub: Kutisari Telp : 031-70761321, 71574200,Pratama Telp: 031-7521819, 0816521819,Pucang Anom Telp: 03177500065,33019867 (Devisi Olahraga)

hw*19/3-19/4/14

hw*1/4-2/5/14

up*19/3-19/4/14


4

HARIAN BANGSA SENIN, 7 APRIL 2014

RAMAI – Pengunjung memadati wana wisata Kakek Bodo saat liburan panjang akhir pekan lalu. foto : doni sujito/HARIAN BANGSA

Selama Pemilu, Pasokan BBM dan Elpiji Dijamin Aman JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menjamin pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji, selama pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2014 aman. Pertamina telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) untuk memantau pasokan BBM dan elpiji ke masyarakat. "Pasokan BBM dan elpiji selama Pemilu ini aman," kata Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir, Minggu (6/4). Ali mengatakan ketahanan stok BBM Pertamina dalam kondisi aman dengan rata-rata kecukupan untuk 20,73 hari. Stok BBM premium dan solar masing-masing 18,32 hari dan 18,46 hari, dan stok elpiji cukup untuk 17 hari. "Selama Pemilu ini konsumsi juga tidak ada peningkatan signifikan. Sebagian masyarakat saat hari libur juga banyak memilih tidak keluar rumah apalagi di Jakarta, orang lagi kampaye jadi banyak jalan macet mending di rumah," katanya. Satgas BBM dan elpiji Pertamina bertugas sejak 16 Maret hingga 9 April 2014. Fokus utama dari pembentukan Satgas ini untuk mengantisipasi potensi kendala distribusi selama pelaksanaan pesta demokrasi tersebut, termasuk pelaksanaan puncak Pemilu 9 April 2014. (dtc/sta)

Promosi Kakek Bodo Perlu Digenjot

Pertamina Tambah Kuota Solar Nelayan Trenggalek

Pasuruan – HARIAN BANGSA Meski menyimpan keindahan alam yang eksotik, obyek wisata air terjun Kakek Bodo di kawasan Tretes Kecamatan Prigen Pasuruan perlu digarap lebih maksimal lagi. Obyek wisata ini terkesan kurang promosi sehingga tampak sepi pengunjung pada hari-hari biasa. Totok, pengelola wana wisa-

TRENGGALEK – Pertamina berencana menambah jatah/ kuota solar bersubsidi secara bertahap di Stasiun Pengisian Diesel Nelayan (SPDN) Pelabuhan Prigi, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, demi mengantisipasi kelangkaan bahan bakar untuk operasional kapal-kapal nelayan tersebut menjelang musim panen ikan. Asistant Manager External Relation PT Pertamina Marketing Operation Region V, Heppy Wulansari, Sabtu mengungkapkan, khusus untuk SPDN Pelabuhan Prigi pihaknya memproyeksikan penambahan pasokan solar hingga kisaran 33 persen. "Penambahan dilakukan bertahap, mulai 13 persen pada April ini hingga 160 persen pada Juni yang diperkirakan menjadi puncak musim panen ikan nelayan," cetusnya me-nanggapi potensi kelangkaan solar di Pelabuhan Prigi, Trenggalek. Ia menegaskan, proyeksi penambahan kuota atau pasokan solar bersubsidi telah disesuaikan dengan kebutuhan nelayan, yang diajukan kelompok dan mendapat persetujuan dari dinas kelautan dan perikanan (DKP) setempat. Jika pada periode Januari-Maret Pertamina Region V hanya memasok jatah solar sebanyak 120 ribu liter per bulan, pada April ini kuota sebulan ditambah menjadi 136 ribu liter (bertambah 13 persen). Penambahan jatah solar bersubsidi kembali dilakukan pada Mei menjadi 144 ribu liter, dan Juni sebanyak 160 ribu liter (33 persen), menyesuaikan estimasi peningkatan kebutuhan solar nelayan selama musim panen ikan. "Penambahan akan terus dilakukan selama musim melaut dan volume alokasi dikoordinasikan dengan SPDN per tiga bulan," kata Heppy. Dijelaskan, kebijakan alokasi untuk SPDN selama ini memang menyesuaikan musim. Pada periode Januari-Maret, misalnya, tidak banyak nelayan yg melaut sehingga alokasi juga tidak besar. Sementara pada periode April hingga September merupakan masa melaut sehingga alokasi otomatis akan diberi tambahan lebih besar. Ditegaskan, sejauh ini tidak ada kelangkaan solar nelayan di Pelabuhan Trenggalek. Diakuinya pada akhir Maret sempat terjadi lonjakan konsumsi BBM karena nelayan bersamaan melaut dan hal tersebut kurang diantisipasi oleh pihak SPDN. "Namun untuk saat ini kondisi sudah normal dan SPDN sudah diberi tambahan alokasi untuk memenuhi kebutuhan nelayan," ujarnya. Heppy mengklaim data transaksi pembelian solar di SPDN Pelabuhan Prigi pada Jumat (4/4) yang hanya 5.500 ribu liter dari persediaan di dalam tangki sebanyak 10 ribuan liter, sebagai bukti tidak adanya permintaan solar secara masif. (ant/sta)

ta Kakek Bodo mengakui kurangnya promosi menjadi kendala sepinya pengunjung di hari-hari biasa. Promosi pariwisata itu perlu untuk mengenalkan potensi alam yang ada. Diband ingkan dengan BNS (Batu Night Spectakuler), Taman Safari, Jatim Park, promosi Kakek Bodo masih kurang. “Banyak sekal i macam iklan

mengenalkan wisata itu. Namun tidak ada iklan tentang air terjun Kakek Bodo,” cetusnya akhir pekan lalu. Meski demikian, kata Totok, jumlah pengunjung setiap harinya rata-rata 100-150 orang. Sedangkan untuk Sabtu-Minggu dan libur panjang perhari mencapai 600-700 orang, dengan harga tiket Rp 12.500/orang. Ob-

yek wisata ini dinamakan Kakek Bodo karena dekat air terjun itu terdapat sebuah makam Kakek Bodo yang dikeramatkan oleh warga setenpat. Konon Kakek Bodo seorang kakek yang bekerja pada keluarga Belanda namun akhirnya menyepi dan bertapa di sekitar air terjun. Keluarga Belanda pun marah karena ditinggalkan si kakek

dan menyebutnya Kakek Bodoh. Sang kakek lalu memiliki kelebihan usia bertapa dan dipakai membantu kesulitan penduduk setempat. Setelah meninggal, oleh penduduk sang Kakek di makamkan disekitar pertapaannya yang tidak jauh dari air terjun. Maka disebutlah air terjun ini Air Terjun Kakek Bodo. (don/sta)

Target Kerja Sama Liverpool-Rotterdam Juni 2014, Pemkot Surabaya Kirim Tim Surabaya – HARIAN BANGSA Pemerintah Kota Surabaya menargetkan bisa kerja sama antarkota antarnegara atau sister city dengan Pemkot Liverpool, Inggris, dan Rotterdam, Belanda pada 2014. Kepala Bagian Kerja Sama Pemkot Surabaya Ifron Hadi, mengatakan saat ini pihak Liverpool dan Rotterdam yang diwakili Duta Besarnya masingmasing sudah melakukan pertemuan dengan Wali Kota Surabaya. "Bulan Juni mendatang, kami kirim tim untuk penjajakan kerja sama ke Liverpool," katanya, Minggu (6/4).

Menurut d ia, kerja sama tersebut dilakukan karena Kota Surabaya dengan kedua kota tersebut memiliki kesamaan yakni sebagai kota pelabuhan. Ia mengatakan hampir semua sister city yang dilakukan beberapa kota di luar negeri kebanyakan memiliki pelabuhan. "Untuk Liverpool tertarik dengan pengembangan Teluk Lamong yang dilakukan Pelindo. Begitu juga Rotterdam yang memil iki pelabuhan besar," katanya. Selama ini, kapal-kapal besar selalu singgah Singapura. Tentunya, kata Ifron, dengan adanya pengembangan pelabu-

han di Teluk Lamong diharapkan kapal-kapal besar tidak harus singgah di Singapura melainkan langsung ke Surabaya. "Kalau bisa ya langsung saja sehingga tidak kena ongkos angkut atau biaya lainnya," katanya. Wakil Wal i Kota Surabaya Wisnu Sakti Buana sebelumnya mengaku sangat apresiatif terhadap tawaran kerja sama dengan Liverpool melalui Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia Rebecca Razavi saat melakukan kunjungan kerja ke Pemkot Surabaya beberapa waktu lalu. Menurutnya, Surabaya sebagai kota perdagangan

MOBIL

SEWA MOBIL

OTOMOTIF

fn*4/4-3/5/14

fn*4/4-5/5/14

MOTOR

dan jasa bisa belajar banyak kepada Liverpool yang lebih maju. Kota yang terkenal dengan klub sepak bola Liverpool FC dan juga band legendaris The Beatles itu, kata dia, punya banyak potensi salah satunya

yang kini mulai dikembangkan dan belum ada di Surabaya adalah energi laut. "Karena itu, kita menyambut baik diajak melakukan kerja sama dengan negara yang lebih maju dari Surabaya," ujarnya. (ant/sta)

DAFTAR AGEN WILAYAH SURABAYA - SIDOARJO SURABAYA SELATAN Hanar Kotim Mujiono Parlyn Agc Samaji Suraji

JL.Kedung Doro 163 T.5473389, 70641097 Drop Memo Bursa Kotim Lidah Wetan Gg 6/20 T.7532914,70906397 Kedung baruk 71 rungkut T 8792004,8706670 Jl.Raya no.201(ALOHA KEBARAT) T.8530615 Jl.Ngelom V /228 Drop JP T.7885068

SURABAYA TIMUR Jamil Mulyono P.Ashari Retno wardani S.suroso Nyoto Bp.hendrik David yusuf Hany Jakram Khuluq M.Arifin Qosim Shohifan Sulatin/ nurhaidi Sulikah

Drop memo Jamil T.8419767 Tempurejo 63 T.5929612,71189510 Jojoran I/B-13 Drop Memo Ashari 71616849 Mojoklangu Wetan III/12 T.5942347,70349086 Kertajaya XIIc/ 93B T5021710 Kendang Sari IV NO.11 Rangkah GgV/27D Drop memo T.70233392 Sidonipa I No.8 drop Radar Sby t.3727529 Pandean II/45 T.5317579 PPI Perak Drop.Memo Jakram T.3573320 Tempurejo Gg II/10 drop memo T.70991321 Pragoto Nyamplungan AsemV/7drop MemoT3576141 Jl. Simolawang II/37 T.3720646 Jl. Tambak Sumur 16/17 T.8675329,70980917 Sidotopo Wetan176B/ drop MemoT.71233666 Jl. Ikan Sepat V/ 7 T.3535425

SURABAYA BARAT Bp Gatot

Simogunung 993 /IIA T.5674723

SIDOARJO Badrus Basori Candra Biiyi Eko Santoso H.Mahfudz Hanuri Haris agency Sutrisno Suyanto Tito agency Yulius Hendra

Sawongaling 2 No.56 T.78884495 Jl. Gedangan 170 T.8544482 Drop Agc Khoiri Jl. KH.Dahlan 9 Porong T. 851272 JL.KH. Mukmin 39 T.8961647 Perum Pabean Asri Sedati Drop Hanuri T.8679452 Jl.Banjar Kemantren Masp T.8969925 Pabean Asri T/4 Sedati Juanda 70370134 Drop Toko Diba Jl.Sawo 1 RT14/2 Sukodono T.08123182472 Trunojoyo 30 Drop Haris 8967252 Pos Polisi Jenggolo Sda

hw*19/3-19/4/14

**ELLY RENT CAR** Menerima Carteran Mobil + Driver Luar Dalam Kota Hub: 031-31226478, 082136052979, 085854461757

KURSUS MOBIL

JASA ANGKUT ANGKUTAN PINDAHAN, Rumah / Kantor, Dll. Dalam Kota / Luar Kota. Hub: 0318470310, 70740990

hw*15/3-14/4/14

KURSUS MBL DJOEN MT/AT-SIM & STNK HUB: 031-7320331, 082894057478 RAYA KUPANG JAYA 19 SBY HUB: 031-5054606, 031-34211819 NGAGEL JAYA SELATAN 16 SBY PK.07.00 S/D 22.00 HRG PROMO

hw*12/3-11/4/14

ANTAR JEMPUT

hw*15/3-14/4/14 fn*6/3-6/4/14

“PROMO PAKET TOUR” ARLINTA 031-70262428, 71761674, 8714795, 08123501089 Email:arlinta_transport@ yahoo.co.id Website:www.arlinta transport. com Mywakan Avanza, Innova, ELF, Hiace Comuter, Pregio, Travello, T.Altis, New Camry, Xerena, Fortuner, Alphard, Vellvire, Mercy New Eyes S350+S500, Mini Bus, Tape, Rec, Seat, Hri/Bln-an, D/L Kota, Mbl baru2, Rute Jawa-Bali dg Sopir Brpglaman & Sabar hw*22/3-22/4/14

MOBIL

ANUGERAH Telp. 031-70575627, 08123239560 Innova, Avanza, Xenia, Livina, Travello, Elv, BBM + Sopir Murah hw*7/3-6/4/14

SIFA MOTOR Terima Sepeda Motor Segala Merek. Hub: 031-78627106, 087852608291

MJ RENT A CAR Hub. 031-70777306, 03177725563, 8669320, 08121703970, New Eyes, Camry, Altis, Alphard, ELF, Pregio, Travello, Avanza, LGX, Innova, Bus AC Pariwisata 29,30,43,60 + Toilet, TV, CD, Karaoke, Recleaning Seat dan Terima Kontrak Bulanan / Tahunan

hw*15/3-14/4/14

hw*14/3-13/4/14

fn*7/4-6/5/14 up*25/3-25/4/14

up*4/3-3/4/14

fn*8/3-7/4/14

hw*18/3-17/4/14

up*18/3-17/4/14

ANTAR - JEMPUT Sekolah TK, SD, SMP, SMA / Karyawan / Borongan dari Sby Barat (Petemon, Tidar, Arjuna, Dukuh Kupang, Darmo, HR.Muhammad) Menuju ke Sby Pusat. Hub: 031-71906556, 085733268763 hw*6/4-7/5/14

KEHILANGAN SURABAYA STNK TRACTOR HEAD NISSAN TH.95 L.8219.UY AN.HARDIONO WIBISONO JL.BIBIS TAMA 3/32 SBY

STNK MBL MITS TH.92 L.8056.TM AN. PT.WINGS SURYAJL.KALISOSOK KDL 2 SBY

wan*7/4/14

STNK MTR HND GLM6 TH.93 L.3108.EV AN. MOH MUHVIDIN JL.JANGKUNGAN 2/1 SBY

STNK MTR HONDA L.6340.CH AN.ISMAIL JL.TEMPUREJO 9/23 SBY wan*7/4/14

STNK MTR YMH TH.14 L.4836.ZG AN.JUSMANIYAH UKA 8/24 SBY

wan*7/4/14

wan*7/4/14

STNK MBL CHEVROLET TH.89 L.1367.KA AN.GHUFRON SABARUDIN JL.GRIYO KEBRAON BRT 9CA/17 SBY

wan*7/4/14

wan*7/4/14

STNK MTR YMH TH.07 L.4188.NMAN. RYAN. A JL.TANJUNG SADARI KOLOMBO 35 SBY

STNK MTR HND TH.13 L.5171.FF AN.SITI ROBI,AH JL.JOJORAN 1/93 SBY

wan*7/4/14

wan*7/4/14

GADAI

STNK MTR YMH TH.12 L.5617.RI AN.HASTORO ADI JL.WONOREJO 5/149 SBY

STNK MTR HND TH.11 L.6254.XN AN.ISMAWATI JL.JERUK 48 SBY

wan*7/4/14

wan*7/4/14

SERVICE MOBIL KIA - HYUNDAI, Melayani Dalam & Luar Kota Emergency Call Hub. 031-77169465, 08123237573

TERIMA GADAI Mobil / Motor Hanya STNK yg Masih Masa Kredit. Hub: 082333250007, 085931172789

STNK MBL TOYOTA TH.91 L.1975.BB AN. DYAH SATIA YOGAJL.BARUK UTR 2/36 SBY

STNK MTR HND NF100SL TH.06 L.6989.LE AN.BAMBANG IRAWAN.S/KIAB.S JL.RANGKAH 7/92 SBY

up*19/3-20/4/14

up*15/3-14/4/14

SERVICE

wan*7/4/14

wan*7/4/14


5

HARIAN BANGSA

SENIN, 6 APRIL 2014

Bupati Magetan Ajak Warga Salurkan Hak Pilih Magetan – HARIAN BANGSA Bupati Magetan Drs H Sumantri MM mengajak masyarakat Magetan untuk mensukseskan Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 yang akan digelar pada Rabu (9/4) nanti. Masyarakat diimbau untuk menggunakan hak politiknya dengan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan memil ih wakil-wakilnya yang akan duduk di legislatif. ''Kami mengajak kepada segenap warga masyarakat Magetan yang memiliki hak pilih untuk menyalurkan hak pilih-

Saat Pileg 2014

nya pada Pemilu Legislatif yang akan dilaksanakan besok lusa, Rabu 9 April 2014. Dengan cara datang ke TPSTPS dan coblos wakil-wakil rakyat yang akan duduk d i lembaga legislatif periode 2014-2019 sesuai dengan hati nuraninya masing-masing,'' himbaunya, Minggu (6/4). Dikatakannya, Pileg dilaksanakan lima tahun sekali. Rakyat bisa berperan aktif menentukan nasib dan masa depan negeri ini dengan menggunakan hak pilihnya. ''Mari kita datang ke TPS-TPS untuk mengunakan

hak pilih kita, untuk ikut mensukseskan Pemilu Legislatif 2014," lanjunya. Kabag Humas dan Infokom Pemkab Magetan Saif Muchlison menghimbau agar masyarakat yang memiliki hak pilih untuk tidak golput. ''Memilih untuk tidak memilih adalah bukan pilihan terbaik. Mari kita gunakan hak pilih kita untuk memilih wakil-wakil kita yang terbaik dari daerah pemilihan atau dapil kita masing-masing. Pil ihlah sesuai dengan hati nurani kita masing-masing,'' cetusnya. (nng/adv/sta)

Khawatir Bakal Gusur Paskun Minta Mobil Pembersih Sampah Dikaji Mojokerto – HARIAN BANGSA Kalangan DPRD Kota Mojokerto mengingatkan Walikota Mojokerto H Mas’ud Yunus agar tidak grusah-grusuh membeli alat pembersih sampah senilai Rp 1,7 miliar yang baru saja didemonstrasikan perusahaan pemegang merek asal Denmark. Dewan khawatir jika kendaraan multifungsi itu dibeli maka akan mengancam keberadaan para pasukan kuning (paskun). "Kami berharap walikota mengkaji kembali rencana pembelian alat pembersih sampah itu. Se-

bab bukan tidak mungkin keberadaan alat itu mengancam posisi paskun yang telah puluhan tahun mengabdi,'' cetus anggota Komisi II DPRD Kota Mojokerto, Paulus Swasono Kukuh, Minggu (6/4). Diketahui sebuah perusahaan merek ternama di Jakarta memamerkan kemampuan kendaraan multi fungsi untuk membantu tugas Dinas Kebersihan Pertamanan (DKP), lusa lalu. Alat pembersih sampah produksi Denmark itu sempat membuat Walikota Mojokerto

kepincut. Saat mobil itu didemonstrasikan, nampak orang nomor satu di Pemkot itu ingin membel i."Saya ingin Kota Mojokerto nampak lebih bersih. Alat itu cocok untuk kebutuhan," katanya. Mobil pembersih sampah otomatis itu mampu menyedot sampah dan debu 15 ribu meter kubik per jam. Ini setara dengan kemampuan 38 orang paskun. Hanya dengan, memencet tombol, seorang operator yang siap di dalam mobil berukuran mini itu bisa membersihkan sampah yang berserakan dalam sekejap. Setelah di hisap, sam-

pah yang terkumpul lantas dengan mudah dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Tak hanya sampah, debu jalanan pun mampu disedot dengan bersih oleh alat yang sudah dimiliki Pemkot Surabaya dan Semarang itu. "Jika kita memakai alat ini akan diperuntukan untuk area tertentu sepeti alun-alun, taman dan area publik lainnya," jelas Yai Ud sapaan Mas'ud Yunus. Ia bakal melakukan kajian efektifitas alat penyedot sampah itu. "Tentunya kita rundingkan, jika memang benar-benar dibutuhkan akan kita usulkan. Kemu-

ngkinan tahun depan kita sudah punya," katanya. Mas'ud Yunus menambahkan untuk wilayah Kota Mojokerto yang kecil, kemungkinan hanya d ibutuhkan dua alat saja."Kalau dihitung lebih irit. Biaya solar perbulan sekitar Rp 1,5 juta hingga 2 juta. Sedangkan tenaga manusia sebanyak 38 orang mencapai Rp 58 juta," sergahnya. Meski demikian, walikota menegaskan pihaknya tak akan memecat tenaga pasukan kuning. "Tak baik jika membeli alat malah memecat tenaga kerja. Nantinya, akan kita bagi per area," katanya. (yep/sta)

MODERN – Mobil pembersih sampah kala didemonstrasikan di depan Walikota Mojokerto H Mas’ud Yunus. foto : yudi/HARIAN BANGSA

Jika Terbukti, Kasun Pojok Bisa Dipecat NGANJUK – Kepala Dusun Pojok Desa Tanjungkalang Kecamatan Ngronggot Nganjuk, JL, terancam pecat jika indikasi memalsukan tanda tangan dalam akta jual beli tanah, terbukti. Sebab perbuatan melakukan pemalsuan tanda tangan kategori pidana. Ketua Lembaga Kajian Hukum dan Perburuhan (LHKP) Jawa Timur Wahyu P Djatmiko menyatakan, perbuatan pemalsuan tanda tangan yang diduga dilakukan kasun tersebut, dinilainya telah melanggar pasal 263 KUHP dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara. “Saya melihat jelas bahwa itu bentuk pelanggaran pidana, jika terbukti jelas akan dipecat dari jabatannya sebagai kamituwo (kasun),” kata Wahyu, Minggu (6/4). Menurutnya, Kamituwo Pojok apabila terbukti telah melakukan pemalsuan tanda-tangan ahli waris atas tanah tersebut maka dia harus siap mengringkuk dibalik jeruji besi, dan dipastikan akan dipecat dari jabatannya. “Sebab pada aturan KUHP jelas disebutkan dan ancaman kurungan 6 tahun,” terangnya. Dirinya berharap kepada kepolisian untuk lebih proaktif menyikapi masalah yang sedang berkembang di masyarakat. Diberitakan, Kasun Pojok, JL dilaporkan warganya sendiri karena diduga telah memalsukan tanda tangan. Akibatnya, lahan sawah milik ahli waris almarhum Mat Ngalim terbit akta jual beli dengan keterangan telah dijual ke Tondo Subekti. Padahal para ahli waris Mat Ngalim mengaku tidak pernah menjual lahan sawah tersebut. (bam/sta)

Diduga Jual Aset Desa, Eks Kasun Dipolisikan JOMBANG - Diduga menjual tanah aset Desa, Saroni, mantan Kepala Dusun (Kasun) Jayan, Desa Barong Sawahan, Kecamatan Bandar Kedung Mulyo, dilaporkan warga ke Polres Jombang. Dilaporkannya Saroni ke Polres Jombang, sebab mantan Kasun yang diberhentikan sejak 27 Juni 2013 itu tak kunjung mengembalikan tanah bengkok kepada desa. Padahal, saat sudah tidak lagi menjabat sebagai perangkat desa, tanah aset desa tersebut seharusnya dikembalikan lagi kepada Desa. Hingga kini, tanah aset desa yang sebelumnya dikelola oleh Saroni belum dikembalikan ke desa. Justru, kabar yang beredar, tanah tersebut sudah dijual kepada pihak ketiga tanpa melalui musyawarah desa. "Mekanisme penjualan aset desa, seharusnya melalui musyawarah dan harus jelas peruntukkannya. Tapi hal itu tak dilakukan," kata Akhwanul Muslim, 48, warga setempat. Dia mengungkapkan, penjualan tanah kas desa itu diketahui warga sejak tahun 2012 lalu. Untuk mengecek kebenarannya, warga pun sudah berulang kali menanyakan perihal tanah aset desa itu. Namun, kata Muslim, Saroni selalu berkelit dan tidak pernah memberikan penjelasan atas keberadaan tanah kas desa tersebut secara pasti. "Tanah seluas dua ribu hektar tersebut dijual dan hasilnya penjualannya pun tak jelas," ungkap dia. Karena hingga kini tak ada kejelasan penyelesaian tanah aset desa tersebut, warga akhirnya melaporkan persoalan itu ke Polres Jombang. Kasat Reskrim Polres Jombang AKO Rudi Dharmawan mengakui ada laporan tersebut. "Saat ini kami masih melakukan penyelidikan dan mengumpulkan fakta dan data pendukung. Kami juga sedang mengumpulkan keterangan saksi-saksi, pelapor dan terlapor," ungkapnya, Minggu (6/4). (jbg-1/sta)

SIMBOLIS – Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko menyaksikan pengguntingan pita kala peresmian Klinik Ibnu Sina, Minggu (6/4). foto : m syafi’i/HARIAN BANGSA

Buka Klinik, Obati Gratis 200 Warga Jombang – HARIAN BANGSA Tempat pelayanan kesehatan mil ik warga NU di Jombang kini bertambah, seiring dengan beroperasinya Klinik Ibnu Sina di bawah naungan Majelis Wakil Cabang Nadlatul Ulama (MWC-NU) Bandar Kedung Mulyo Jombang. Klinik Ibu Sina resmi beroperasi usai diresmikan oleh Bupati Jom-

bang Nyono Suharl i Wihandoko, Minggu (6/4). Klinik Ibnu Sina bakal buka praktik pelayanan kesehatan selama 24 jam. "Kami sudah siapkan dua dokter umum, dibantu dibantu beberapa tenaga dan alat pendukung med is,” cetus Direktur Utama Kl inik Ibnu Sina Wahyu Cahyono. Pembukaan Klinik

Ibnu Sina juga diawali dengan pengobatan gratis pada 200 warga sekitar. Komisaris Klinik Ibnu Sina, H Basyarudin Saleh menyatakan, menentukan pengurus dan manajemen klinik berdasarkan aspek dan kebutuhan profesional. Hal itu guna menjamin klinik dikelola dengan baik dan sesuai standar kesehatan. “Ini

dikelola profesional. Yang mengelola orang-orang profesional dan ahli di bidangnya masing-masing. MWC NU menjadi salah satu unsur komisaris dan pemilik,” cetus Wakil Bendahara PCNU Jombang ini. Bupati Jombang Nyono Suharl i Wihandoko berharap agar NU terus meningkatkan peran strategisnya dalam

membantu pemenuhan pelayanan publ ik d i masyarakat. Tidak hanya pada sektor kesehatan, tetapi juga sektor lainnya. “Pembukaan kl inik kesehatan ini adalah bukti amal bakti NU kepada masyarakat,” cetus Nyono. Kala pembukaan klinik, Nyono berkesempatan meninjau ruangan klinik Ibnu Sina tersebut. (jbg-1/sta)

Limbah B3 Kutorejo Ancam Hepatitis Warga Mojokerto – HARIAN BANGSA Penggerebekan pabrik paving PT Sari Alun yang diketahui menampung limbah medis padat di Dusun Mojojejer, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Kutorejo oleh Polres Mojokerto, Kamis (3/ 4) lalu masih menyisakan masalah. Sebab penampungan limbah medis atau sampah bekas rumah sakit tergolong B3 itu meninggalkan sisa-sisa virus dan bakteri yang bisa menimbulkan gangguan organ dalam sehingga bisa menyebabkan penyakitseperti TBC dan Hepatitis B. Hal ini diungkapkan

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto, Endang Sri Wulan. Menurut Endangg, pada alat-alat bekas medis itu kemungkinan besar terdapat sisa vaksin yang mengandung bakteri jahat. Bakteri itu akan menyebar lewat udara atau mengendap ke tanah jika terkena hujan, hingga akhirnya mencemari sumber air. "Bakterinya tentu masih menempel, terutama pada bekas jarum suntik dan alat-alat yang mengandung vaksin bakteri yang dilemahkan," jelasnya, Minggu (6/4). Dia menjelaskan, penyakit Hepatitis

B disebabkan Virus Hepatitis B (VHB) yang menyerang organ hati, virus ini bisa berlanjut pada sirosis hati atau kanker hati. "Penanganannya harus secara khusus, bukan d itempat sembarangan. Kalau tidak distrerilkan ya dimusnahkan," tandasnya. Sementara itu, penampungan limbah bekas rumah sakit ini masih dalam penyelidikan Polres Mojokerto. Polisi masih menyelidiki asal-usul dari mana sampah itu berasal. "Kami masih mengumpul kan alat bukt i. Beberapa saksi seperti warga sekitar

dan penjaga pabrik juga kami mintai keterangan,” cetus Kapolres Mojokerto, AKBP Muji Ediyanto. Sebagai informasil, sebuah pabrik paving di Desa Pesanggrahan Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto, PT Sari Alun diprotes warga, Kamis (3/4) sore. Pasalnya, pabrik ini dijadikan tempat pembuangan l imbah B3 (bahan berbahaya dan beracun) tanpa izin yang diduga dari rumah sakit di Surabaya dan Sidoarjo. Polisi juga lalu menindaklanjutinya dengan menggerebek pabrik paving tersebut. (gun/sta)

Didera Konflik, Pedagang Pasar Pon Wadul Bupati

TAMPUNG ASPIRASI – Bupati MKP saat membaca aspirasi pedagang Pasar Pon. Foto : humas pemkab mojokerto.

Mojokerto – HARIAN BANGSA Kemelut antara pengurus Pasar Pon Mojosari Kabupaten Mojokerto versus pedagang setempat terus berkecamuk. Sejumlah pedagang pasar tradisional itu mengadukan pengurus mereka ke Bupati Mojokerto, Minggu (6/4). Puluhan pedagang itu ditemui Bupati Mustofa Kamal Pasa (MKP) di Graha Peringgitan Kantor Bupati Mojokerto. Kepada orang nomer satu di pemkab itu,pedagang yang tergabung dalam Pergerakan Peduli Pasar Pon Mojosari (P4M) menyampaikan sejumlah keluhan, misalnya keberatan atas penarikan

retribusi yang dianggap di luar batas kewajaran. “Kami keberatan ditarik Rp 8.000-Rp 40.000 rupiah perhari dengan alasan untuk sewa lapak, “ cetus Andrea AD Prawiyanto, koordinator P4M. Kata Andrea, pedagang juga keberatan dengan iuran sampah Rp 2.000 perhari, sewa gudang Rp 15.000 perminggu, listrik Rp 20 ribu perlampu/bulan. “Belum lagi adanya jual beli lapak oleh oknum petugas pasar Pon," tandas Andrea AD Prawiyanto. Menurut Andrea, pungutan yang dilakukan oleh ketua Paguyuban Pedagang Kecil Mojosari (PPKM), Djamdjuri, kepada para pedagang, sudah

berlangsung sejak 2009 silam. Pedagang menyebut penarikan itu disertai tindakan intimidasi dan menguntungkan diri sendiri. Hal itu diamini sebagian besar pedagang yang turut dalam aksi itu. Mereka tampak kompak menyuarakan aspirasinya secara bergantian. Bahkan sejumlah pedagang mengancam akantidurdiPeringgitanapabilaBupatitidak segera mengambil keputusan. Menjawab keluh kesah pedagang, Bupati MKP mengaku prihatin. Menurutnya kasus ini lepas dari pantauannya karena kurang sensitifnya birokrasi dan para pejabat. “Saya tidak akan membela pihak-pihak

tertentu dan akan berusaha menyelesaikan permasalahan ini dengan adil. Pemerintah Daerah berjanji akan menyelesaikan permasalahan ini dalam seminggu. Tentunya masih dalam koridor hukum dan peraturan yang berlaku.” ujarnya. Diketahui, Pasar Pon sudah beroperasi sejak 1966. Namun pada 1988, Pasar Pon direlokasi ke Pasar Raya lantaran adanya proses penataan wilayah. Sejak itu jumlah pedagang pasar ini membengkak. Hingga, pada tahun 2002 terbentuklah PPKM dan Djamdjuri ditunjuk sebagai ketua pengelolanya dengan surat perintah dari Kepala Dispenda. (yep/sta)


HARIAN BANGSA

SENIN, 7 APRIL2014

6

Gus Ipul Hadiri Harlah Ansor ke-80

NGAWI – Wakil Gubernur Jawa Timur Drs H Saifullah menghadiri Harlah GP Ansor ke-80 di GOR Bung Tomo Kabupaten Ngawi, Sabtu (5/4) petang. Ia mengatakan, Ansor telah memasuki usia ke-80 tahun. Banyak yang telah dilakukan untuk kemajuan Bangsa Indonesia. Semua dilalui dengan bimbingan para ulama. Salah satu yang dilakukan adalah GP Ansor ikut berjuang untuk terus menjaga Pemilu agar berlangsung secara aman dan kondusif. “Selama 80 tahun, Ansor sinergi membangun negeri. Ansor ikut membantu menciptakan suasana kondusif tidak hanya selama Pemilu, tetapi dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Gus Ipul sapaan akrab Wagub Jatim itu. Lebih lanjut disampaikannya, Ansor menjadi salah satu gerakan pemuda yang serbaguna. Untuk itu, Ansor harus bisa berorganisasi yang baik. Dua hal yang ditekankan pada Ansor, yakni membela Aswaja dan membela Indonesia. “Ansor harus bisa berorganisasi yang baik, membela Indonesia dan ahli sunah waljamaah,” kata Gus Ipul. Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar mengatakan, Ansor sangat solid, guyub dan rukun menjaga NKRI. Gerakan pemuda ini terus berbuat baik untuk menjaga kondusifitas dan keamanan, serta ikut membangun Provinsi Jatim dan Kabupaten Ngawi. Ia berharap, Ansor bisa menjadi embung dan pendingin dalam gerakan politik. utamanya dalam pelaksanaan Pemilu tahun ini. Dalam kegiatan ini, Gus Ipul mengajak seluruh undangan harlah untuk bersalawat. Mereka tampak bersemangat dan ikut bersalawat dengan Gus Ipul, Wabup Ngawi, Wakil Ketua DPRD Jatim, dan para ulama. Sekitar 1.000 orang hadir dalam acara tersebut. Harlah GP Ansor ke-80 tahun ini bertema “Mangan Gak Mangan Pokoke Kumpul”. (humas)

Larangan saat Buang Hajat

Ranting Diminta Dinginkan Suasana Politik PAMEKASAN – Menjelang pemilihan calon legislatif (pileg), ketegangan di pedesaan di Madura mulai meningkat, utamanya di desa yang di dalamnya terdapat caleg. Menghadapi itu, Ranting NU perlu bergerak meredakan ketegangan di tengah warga. Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pamekasan KH Abdul Ghoffar menegaskan, Pengurus Ranting NU (PRNU) harus betul-betul netral. Jangan sampai menjadi tim sukses salah satu caleg. "Politik memang sering mengetengahkan perbedaan. Di pedesaan, perbedaan tak jarang mencuatkan konflik. Di sinilah peran PRNU sangat dibutuhkan," tegas pengasuh pesantren Riyadus Sholihin itu, Ahad (6/4). Dikatakan Kiai Ghoffar, pengurus PRNU diyakini bisa meredam bara politik bisa semangat berbaur dengan masyarakat. Jika masyarakat sering didatangi orang untuk mencoblos hingga muncul politik uang, PRNU harus juga getol menghadirkan perdamaian. "Semangat persaudaraan mesti giat didakwahkan di tengah gencarnya strategi pemenangan dalam politik," tukasnya. (nuo/sal)

Buang air dalam terminoligi fiqih sering disebut dengan Qadhil Hajat. Yaitu perasaan mendesak untuk buang hajat. Baik hajat air kecil maupun hajat air besar. Pada dasarnya, ada beberapa tatakrama yang harus ditaati bagi mereka yang hendak buang air. PERTAMA, dianjurkan mendahulukan kaki kiri ketika memasuki tempat buang air. Hal ini berlawanan dengan adab memasuki ruangan yang dimulia-

kan seperti rumah, mushalla, masjid dan lain sebagainya yang mengharuskan melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu. Kedua, ketika memasuki ruang buang air sunah membaca: “Bismillahi allahumma inni a’udzubika minal khubutsi wal khabaits (Dengan nama Allah, Ya Allah aku berlindung kepada Mu dari godaan syaitan laki-laki dan perempuan)”. Doa ini sangat penting mengingat tempat buang air yang identik dengan ruang kotor sebagai ruang berdiamnya para syaitan. Ketiga, hendaklah berdoa

setelah membuang air sebagaimana doa yang diajakan oleh rasulullah saw: “Ghufranaka al hamdul il lahil ladzi adzhaba anil adza wa ‘afani (Ya Allah aku mohon ampunan-Mu segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan rasa sakit dariku dan yang telah memberikan kesehatan)”. Keempat, hendaklah ketika memasuki tempat buang air memakai alas kaki dan tutup kepala. Demikian anjuran fiqih mengenai tatakrama buang air. Adapun larangan yang harus benar-benar dihindari dalam

buang air ada enam hal. Pertama, janganlah membelakangi atau menghadap ke arab kiblat. Kecuali terdapat tabir pemisah seperti tembok atau memang ada ruangan khusus untuk buang air. Maka bebas saja membuat toilet, WC dan kamar mandi ke arah yang disukai, asalkan tertutup. Kedua, jangan melakukannya di air yang diam atau berhenti dan tidak mengal ir. Ketiga, jangan kencing atau berak di bawah pohon yang berbuah. Baik ketika musim berbuah atau sedang tidak berbuah. Keempat, jangan melakukan-

nya di jalan yang biasa dilalui manusia, di tempat berteduh dan juga di dalam lubang bumi yang bundar. Kelima, jangan berbicara ataupun bercakap ketika sedang buang air. Kecuali dalam keadaan darurat. Dan keenam, jangan menghadap atau membelakangi matahari dan bulan ketika terbit atau terbenam dan terakhir, Jangan membawa sesuatu yang dimuliakan yaitu sesuatu yang bertul iska nama Al lah swt. Demikian keterangan dalam kitab Fathul Qarib al-Mujib dan Muraqil Ubudiyah. (nuo/sal)

Silaturrahim Siapa bilang warga NU tidak punya agenda kegiatan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan? Kegiatan itu ternyata banyak sekali jumlahnya mulai dari tahlilan, yasinan, walimahan/ pernikahan, pengajian rutin, imtihan/wisuda, seminar, diskusi dan masih seabreg jika disebut satu persatu. Ingin dimuat di HARIAN BANGSA? Mudah. Cukup ketik SMS ya, kirim ke 08123064028 atau email: bangsasilaturrahim@gmail.com. Jangan lupa: Nama, Alamat, dan kegiatannya, kalau ada fotonya yang menarik, ya. Saya muat di Harian BANGSA [korane warga NU]. Itung-itung dokumen pribadi. Kalau dimuat, dibingkai pigora yaaa. Apakah ada yang sulit, SEDULUUUUR?????

08123064028 - 081216031525 Pengajian tematik kitab - kitab salaf PASURUAN -Pengajian dan dialog interaktif di RADIO 107 FM SUARA PASURUAN kerja sama dengan Lembaga Dakwah NU kabupaten Pasuruan edisi Senin PAGI pukul 5.45-7.00 dan SORE pukul 17.00jelang Magrib menghadirkan Gus Ali Fikri dari pondok pesantren Arriyadh Wrati Kejayan dalam

kajian tematik dari kitab - kitab salaf. (Muhammad Khudori ,wakil sekretaris LDNU kabupaten Pasuruan)

Pengajian Kitab Washiyatul Musthofa SIDOARJO- Pengajian rutin Kitab Wahiyatul Musthofa yang diasuh oleh KH Masyhudi Mukhtar

di Masjid Al-Mubarok Jl KH Sulaiman Gemurung Gedangan. (Samsul Fuad Bakri)

Kajian Alquran KH Salim Imron SIDOARJO-Takmir Masjid Besar Al-Hidayah Jalan Ahmad Yani 55 Gedangan Sidoarjo mengadakan kajian Alquran dan tanya jawab bersama KH Muh Salim Imron pada

bangsasilaturrahim@gmail.com

Ahad Kedua setiap bulan. Dilaksanakan bakda salat Subuh, diakhiri dengan salat Dhuha dan Hajat. Pada Ahad Keempat, materinya diganti Kajian Hadis.

Full Kajian Kitab dan Bahtsul Masail NGANJUK-Hadirilah kegiatan rutin di Masjid Jamik Al-Falah Desa Pelem Kecamatan Kertosono Kabupaten

Nganjuk setiap rabu Malam Kamis pukul 19.30: 1. Pengajian ASWAJA An-Nahdliyah oleh K Sulton Abdul Hadi; 2. Pengajian Kitab Riyadhus Shulihin oleh KH Athour Rochiem; 3. Tafsir Alquran oleh Ustd Drs Imam Masyhadi Al-Hafidh; 4. Pengajian Kitab Iryadul Ibad oleh KH Hasan Bisyri; 5. Lailatul Ijtimak dan Bahtsul Masail Malam 15 Qomariyah oleh Drs KH. M. Da’in Masyhuri MM; 6. Jam’iyatul Qurro Sabtu malam Ahad

KARIR

ELEKTRONIK LOWONGAN

KERJASAMA

oleg Ustd H Khoiruddin; 7. Ahad Legi Khataman Alquran Putra Bil-Ghoib. (Athour Rohman Wahid)

PELUANG BISNIS

MESIN

ELEKTRONIK

JUAL / CARI Agen Seluruh Indonesia, Bumbu Masak Praktis “Cap Baki” Tanpa Pengawet & Penyedap, Ada 22 Macam Masakan: Kebuli, Rendang, Opor, dll. 15.000/ Saset isi 200 gram, Bisa utk Daging 1/2 Kg. Hub.087851432903 Bpk Fahad

LOWONGAN

up*23/3-23/4/14

hw*25/3-25/4/14

up*18/3-17/4/14

fn*20/3-20/4/14

MESIN BUBUT 46x80 Mazak jr Jepang 60 Jt Nego Siap Pakai Hub: 08155079940, 031-71660885

ANDA JUAL KULKAS, AC, Mesin Cuci, Freezer Box, Keadaan Rusak Maupun Normal, Kita Beli Sesuai dgn Barang yg Dijual Hub: 031-72011611, 0818390758 Jl. Girilaya No.30

up*6/3-5/4/14

FOTO COPY IR 5000 / 6000 / 6570, NP 6551 / 6545 / 6050 / 6035 / 6030. Harga Mulai 5 Jutaan. Manunggal Kebonsari No 17. Hub : (031)72666777, 081331660077.

5/4-6/5/14

up*20/3-20/4/14

hw*21/3-21/4/14

SERVICE

hw*4/3-3/4/14

CV ROSEMONT, Office: Sidokare Indah Sda. Terima Jasa Teknik Sipil, Mechanical Electrical, Genset, Forklift, Process Control, AC, Frezer, Kulkas, Pendingin, Jual / Beli AC Baru/Bekas. Hub: Pak Khusairi Telp. 03191421029, 087754012229, 081554368867

PARABOLA fn*22/3-22/4/14

fn*24/3-24/4/14

PASANG BARU BIG TV Cukup Bayar Rp. 120.000 dpt 2 Bln All Chanell dan 1 Bln Paket Basic. Hub. 031-31174999

up*27/3-27/4/14

hw*22/3-22/4/14

KOMPUTER

up*20/3-20/4/14

DICARI SOPIR SIM A atau B1, Max Usia Kurang Lebih 30 Th ke Atas, Lamaran Langsung dibawa ke Raya Kupang Jaya 19, Segera hw*26/3-26/4/14

hw*15/3-14/4/14

hw*5/4-6/5/14

DICARI KOMPUTER / LAPTOP Baru, Normal, Rusak, Bayar di Tempat Hub: 03171386789, 085334386789 fn*18/3-19/4/13

up*20/3-20/4/14

hw*5/4-6/5/14


7

HARIAN BANGSA

SENIN, 7 APRIL 2014

Menanti Pengakuan Islam di Angola (2)

Masjid Dihancurkan Tanpa Ada Permintaan Maaf SEBAGIAN besar dari mereka merupakan para pengusaha dan pedagang. Tak hanya dari Lebanon, pendatang juga berasal dari Mali, Nigeria, serta Senegal. Islam baru dikenal di Angola pada 1990-an. Umat Islam masih harus memperjuangkan agar diakui negara. Hingga kini, pemerintah Angola belum me ngakui secara formal adanya organisasi Islam. Pemerintah mewajibkan kelompok agama mengajukan petisi kepada Kementerian Hukum dan Budaya untuk mendapatkan status legal. Status yang legal memberi hak hukum bagi kelompok agama di pengadilan. Pengakuan tersebut juga dapat memperkuat posisi mereka sebagai agama yang diakui negara. Kelompok agama yang terdaftar juga diizinkan membangun sekolah dan tempat ibadah. Agar diakui, umat Islam harus mempunyai penganut lebih dari 100 ribu orang dan terdapat di 12 dari 18 provinsi. Para ulama juga diharuskan menyediakan informasi mengenai filosofi kelompok, struktur organisasi, dan alamat. Hal inilah yang masih diperjuangkan umat Islam di Angola. Dalam laman refworld.org disebutkan pada Desember 2011 sekelompok Muslim di Provinsi Malange meminta izin untuk membangun masjid yang lebih besar dan permanen di tanah yang mereka beli. Letaknya dekat de ngan masjid mereka yang kecil dan bersifat sementara. Mereka menunggu selama berbulan- bulan, tapi pemerintah tidak juga memberi jawaban. Muslim di Malange juga telah meminta izin pemerintah setempat. Karena tidak kunjung mendapat jawaban yang jelas, Muslim Malange memulai pembangunan. Tidak lama setelah pembangunan selesai, pemerintah daerah menghancurkan fondasi bangunan. Tidak ada permintaan maaf atau pernyataan apa pun atas perusakan tersebut. (epu/nis)

Money Politics:

Dosa yang Tak Diampuni

Allah SWT Dalam ajaran Islam ada beberapa dosa yang tidak akan diampuni oleh Allah SWT, kecuali apabila yang bersangkutan bertobat sebelum meninggal dunia. Dosa-dosa tersebut, antara lain, pertama, dosa syirik, yaitu berkeyakinan bahwa selain Allah SWT memiliki kemampuan seperti Tuhan (syirik akidah) serta beribadah (tunduk dan taat) kepada selain Allah (syirik ibadah). “SESUNGGUHNYA Allah tidak akan mengampuni dosa syirik dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barang siapa yang mempersekutukan Allah maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.” (QS an-Nisa [4]: 48). “Sesungguhnya Allah tidak mengam-

Pendekar Kapak Kuning, Robin Hood Tanah Jawa (644)

Dullah Memilih Ronda Sendirian "AH, mana mungkin, Mbah. Sebelumnya, mereka tetap meneror kita, meski ada penjagaan. Jangan-jangan, ada dua kemungkinan. Pertama, mereka merencanakan sesuatu, dan yang kedua, mungkin mereka takut kepada Mbah Raden Trenggono, ya kan?" kata satu dari jamaah. "Lho? Bukankah saya juga ikut ronda bersama kalian. Dan kita memang tidak menemukan ada orang asing di kampung kita ini. Ini bisa jadi, karena mereka memang merencanakan sesuatu terhadap kampung kita. Untuk itu, lebih baik kita tingkatkan lagi ronda malam kita, dan jumlah orang yang ronda ditambah," tutur Dullah. Semua sepakat. Maka, sejak malam itu, jumlah peronda ditambah lebih

banyak lagi. Ini sebenarnya cara Dullah untuk tidak bersama mereka. Dullah memilih untuk melakukan ronda seorang diri. Kali ini, Dullah mengarahkan rondanya, di kampung-kampung sekitar Manyar, meliputi, Mleto, Kalidami, Menur dan Gubeng. Satu malam, dia menangkap basah pencuri kambing. Kambing itu sudah diseret ke sawah dan hendak ditebas lehernya, untuk dibawa kepalanya. Dullah sudah menghadang mereka. "Kalian tentu anak buah Celeng Bajul. Ternyata kelakuan kalian tidak pernah berubah! Kalian tidak meneror kampung Manyar, tapi kalian mengobrak-abrik kampung di sekitar Manyar. Seperti janji saya, kalian memang pantas mati!" teriak Dullah.

Mendengar teriakan ini, dua orang anak buah Celeng Bajul ini ketakutan, dan berusaha lari sekencang-kencangnya. Di setiap belokan jalan, Dullah yang mengandalkan kehebatan ilmu meringankan tubuh, sudah menghadang. "Kalian mau lari ke mana?" teriak Dullah. Tentu saja, dua anak buah Celeng Bajul ini ketakutan, dan membelokkan larinya. Ke manapun mereka lari, selalu bertemu Dullah, hingga hafas mereka benar-benar habis. Padahal, mereka tak menyadari, mereka sudah sampai di dekat markas mereka di kampng Ndelik. "Ampun Mbah... ampun Mbah," kata mereka, sambil duduk bersimpuh dan mata terpejam. (bersambung)

puni dosa mempersekutukan (sesuatu) dengan Dia dan Dia mengampuni dosa yang selain syirik bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barang siapa yang mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah maka sesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya.” (QS anNisa [4]: 116). Kedua, dosa memberitahukan maksiat yang ia lakukan sendiri. “Semua umatku dimaafkan kecuali orang-orang Mujahir (Mujahir adalah orang yang melakukan maksiat kemud ian ia memberitahukannya kepada orang lain).” (HR Muslim). Ketiga, dosa akibat melakukan suap (money pol it ics). “.... Orang yang membaiat (memilih pemimpin), tetapi dia tidak mau memil ihnya kecual i karena materi duniawi. Apabila pemimpin tad i memberinya materi duniawi maka ia akan memilihnya dan apabila tidak diberi materi, ia tidak akan

memil ihnya.” (HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, Nasai, dan Ibnu Majah). Dalam kamus politik, materi duniawi itu d isebut dengan istilah money politics, kendati hal itu tidak selamanya berupa uang. Menurut Imam Muhammad A’llan (w. 1057 H) dalam kitab Dalîl al-Fâl ihîn menyatakan, dosa besar adalah dosa yang disertai ancaman hukuman di dunia dan atau siksa di akhirat, maka memberikan dan atau menerima money politics termasuk dosa besar. Menurut imam Abd al-Rauf al-Minawi (w.1031 H) penulis kitab Faid al-Qadîr, yang dimaksud dengan Al lah tidak menyucikan dosa tiga orang adalah Allah tidak akan mengampuni dosadosa mereka. Karena itu, perbuatan money politics merupakan dosa besar yang tidak akan diampuni Al lah SWT, kecual i yang

bersangkutan bertobat sebelum ia meninggal dunia dan tobatnya diterima Allah SWT. Perilaku money politics, tidak hanya haram dilakukan oleh penerimanya, tetapi juga yang memberi dan atau sebuah tim sukses yang membagibagikan uang tersebut. Hal ini berdasarkan kaidah fikih (hukum Islam), “Apa yang haram diambil juga haram diberikan.” Dalam had is d i atas, Nabi SAW menyebutkan kata imam (pemimpin) dan tentu yang dimaksud di sini bukan imam salat, tetapi pemimpin kemasyarakatan, baik itu kepala negara, kepala daerah, kepala organisasi massa, maupun wakil-wakil rakyat. Karenanya, apabila kita hendak selamat dari ancaman-ancaman tersebut maka kita harus menghindari perilaku money politics, baik memberikan, menerima, maupun membagi-bagikan. (epu/nis)

Fatimiyah, Sebuah Kebangkitan Arsitektur (2)

Al-Mansuriya, Kota yang Dikelilingi Oleh Dinding Lingkaran AL-MANSUR tertarik dengan wilayah di sekitar Kairouan, tempat ia membangun sepertiga kota kerajaan dekat al-Abbasiya dan Raqqada. Ia kemudian menyebutnya al-Mansuriya. Berdirinya kota ini dilihat sebagai tanda rekonsil iasi dengan Sunni dan demonstrasi mencolok kekuasaan Syiah. Al-Mansuriya dibangun di

selatan Kairouan dan dalam waktu yang sangat singkat. Kota dikelilingi oleh dinding lingkaran. Ilustrasi abad pertengahan menampilkan empat gerbang di dalamnya. Dinding setebal empat meter diapit menara berbentuk setengah lingkaran dan persegi panjang besar. Sebuah masjid besar, al-

Azhar (gemerlapan), d ibangun. Pasar Kairouan dipindahkan ke al-Mansuriya. Ahli geografi al-Idrisi memperkirakan 300 tempat pemandian dan sumur-sumur dibangun. Saluran air dibangun Aghlabids untuk mengontrol pasokan air ke Kairouan. Banyak istana dibangun, di antaranya Qasr al-Bahr, Qasr al-Iwan, dan Qasr al-Kafur. Tradisi arsitektur sekuler Fatimiyah terus berlanjut dalam bangunan pengikut mereka, Zirid dan Hammadid.

Sesaat sebelum pindah ke Kairo pada 973 M, Khalifah alMuiz ditransfer Pemerintah Afrika Utara ke Zirid Buluggin. Antara dua istana Pada 970 M, atas instruksi Khalifah al-Muiz, di kaki Bukit al-Muqattam Jenderal Jauhar meletakkan batu pondasi ibu kota baru Misr al-Qahira yang artinya kemenangan. Misr alQahira kini dikenal sebagai Kairo. Ibu Kota Fatimiyah ini terletak l ima kilometer d i utara Fustat. (bersambung)

PROPERTI PERLENGKAPAN RUMAH

JUAL RUMAH JUAL RUMAH Uk.5,5x16 SHM, Harga 160 Jt, Jl.Aloha Sidoarjo Hub: 085731123497 up*11/3-10/4/14

BUTUH UANG CEPAT !! Jual Rumah L.97m2, Uk.7,5x13, 3 KT, 1 KM, Harga 365 Juta, Jl.Kedurus 3 Gg Pilang Indah No.21 Sby Barat Hub: 031-70051919 fn*5/3-4/4/14

JUAL RUMAH Perum Taman Pinang F1/ 20 Sda, L.300 m2, Uk.15x20, 1,5 Lt, 6 KT, 4 Km SHM, Bisa KPR Harga 1,4 M Hub: 03170626323 fn*5/3-4/4/14

DIJUAL RUMAH Type 27 Bangunan Baru (Ada 6 Unit) Harga 90 Juta Lokasi Dusun Doko Ngoresrejo Sukodono. Segera Hubungi: 031-72427171, 085733248871 up*4/3-3/4/14

fn*18/3-19/4/14

fn*5/4-3/5/14

fn*25/3-25/4/14

fn*17/3-16/4/14

JUAL TANAH

GRIYA KEBRAON BARAT Lt./Lb: 88/88, SHM, Selatan Renof, 3KT, 1KM, Carport, 540 Jt Nego. Hub: 031-77711009

JUAL CEPAT BUTUH UANG Rumah 4KT, 3KM, Griya Permata GedanganE-3/25, Lt.90, 1,5 Lt, Garasi, Hrg 380 Jt Nego Hub: 03170649474, 08123143174

up*11/3-10/4/14

up*25/3-25/4/14

RUMAH USAHA JUAL KLINIK MEDIS Dekat MERR Rungkut, 2 Lantai, Lt.110 Lb.200 Hasil Bagus Sudah Jalan 20 Th. Harga 4,7 M Hub: 03177779871, 08216711209

fn*4/4-5/5/14

up*4/4-4/5/14

PASANG ATAP GALVALUM, Plafon, Gipsum, Almini, Bangun / Renov Rumah. Hub: 03172365636, 085732992020

JUAL TANAH

hw*4/4-5/5/14

hw*20/3-20/4/14

JUAL TANAH SHM, Uk.8x32m, Harga 1,2 Jt/m2, Lok.3km dari Bandara Juanda Hub: 031-28868173, 085853690977 up*27/3-27/4/14

TANAH 4.394 M2 UNTUK INVESTASI ? DIJUAL cpt Tiga Bidang Tnh Masing-masing Seluas 689 m2, 1.064 m2, dan 2.101 m2. Lok: Krembangan Taman SDA. Cocok utk Investasi Tnh. Dr Tahun ke Tahun Hrg Trs Naik. DITAWARKAN Rp 750jt. (Tiga Bidang Tnh Seluas 4.394 m2. Bisa nego. MINAT? Hub. Roziq 081216125651 / 087853134787 / pin BB 73d08ad1 hw*1/4-2/5/14

MURAH Tanah Kavling Sidowungu Menganti Uk.7x12 Harga 30 Jt, Terbatas, Lok Tepi Jalan Hub: 031-91957574, 70172322

JUAL RUMAH fn*17/3-16/4/13

up*18/3-17/4/14

JUAL RUMAH Siap Huni Manyar Tirtomoyo 57, Lt.525 Lb.400 Jual Cepat Hitung Tanah 7,2 M Nego, 5 KT, 2 KP, 4 KM, Garasi Hub: 031-77779871, 08216711209 up*4/4-4/5/14

up*7/3-7/4/14

JUAL TANAH di Situbondo Uk.47 Uk.47 Hektar, SHM, 3500 / m2, Lok: Desa Kalibokor, Bisa utk Perumahan, Industri, Perkebunan. Hubungi: 031-5314465, 83664626, 081331525691

JUAL RUMAH Uk.5x13 (Luas Tanah 65 m2) Harga 140 Juta Nego, Siap Huni. Sambibulu RT.2 RW.1 Taman Sepanjang Hub: 03179592121, 085648313803

up*27/3-27/4/14

fn*15/3-14/4/14

hw*25/3-25/4/14

JUAL TANAH KAVLING, Uk.5x25 Di Gempol Kuring Benowo-siap bangun. Jalan paving harga 78 Juta. Hub: Agus Susanto Tlp:031-31311866/081554173730 fn*29/3-29/4/14

JUAL RUMAH Parang Barong 27 Indrapura Sby, Lt.150 m2, Full Bangunan, Bangunan Baru + Usahanya, Sudah Berjalan, Harga 1,6 M, 2KT, 1KM, Strategis. Hub: 0315314465, 83664626, 081331525691

up*8/3-7/4/14

SOFT OPENING : Kredit Rumah Tanpa Ditolak Griya Tambakrejo Indah, Harga 190 Jt, DP Bisa Dicicil. Hub: 031-34996669

JUAL RUMAH BARU MINIMALIS, Uk.5x12 PAM/Listrik/Galvum, Jl Semeni Baru 2/51 Belakang SMA XII. Hub: 031-71714642/ 087773334443

hw*6/3-5/4/14

up*21/3-21/4/14

up*27/3-27/4/14

PEMBUATAN ALMINI, Rolling Door, Pintu Kasa, Harga Ekonomis, Hubungi: 03177257752, 031-7522595 Wisma Lidah Kulon Komplek Ruko 8 No.3

JASA PLITUR, MILAMIC, CAT DUCO, utk Pintu, Kusen, Pagar, Harmonica, Kitchen Set Segala Macam Mebel Hub: 03170500161, 031-81020188

DIJUAL RUMAH Jl. Asem 5/17-19 SHM, Lt.542 m2, Full Bangunan 3,5 m, 2 Lt Belakang, 7 KT, 4 KM, Garasi. Hub: 0315314465

RUMAH SIAP HUNI, type 27= Rp.95 Jt. DP 55 Jt sisanya angsur 2 Th Bunga 0% Lokasi Ngaresrejo Sukodono SDA. Hub: 03172629063/087754229545

hw*22/3-22/4/14

hw*18/3-17/4/14

up*26/3-26/4/14

fn*29/3-29/4/14

fn*29/3-29/4/14

fn*20/3-20/4/14


HARIAN BANGSA

SENIN, 7 APRIL2014

8

Pemilu, PWI Banyuwangi Bentuk LBH Pers

Dibiarkan, APK Langgar Pidana Pemilu

BANYUWANGI- Menghadapi pemilu dan mengantisipasi sengketa pemilu, terutama dalam pemberitaan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Banyuwangi membentuk Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers. Hal ini sesuai dengan hasil Raker PWI Banyuwangi yang digelar di Wisata Using, Desa Kemiren, Kecamatan Glagah dua hari berselang. Wakil Ketua PWI Banyuwangi Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan, Priyatna Kusumah, SH menjelaskan, dibentukanya LBH Pers selain untuk melindungi anggota PWI dari delik pers, dari suatu pemberitaan juga untuk mengantisipasi terkait sengketa pemilu. Dimana sengketa pemilu ini kemungkinan terjadi, ketika si wartawan dilaporkan narasumber ke pihak polisi, terkait tugas peliputannya. "Akibat pemberitaan, terkadang wartawan dibenturkan dengan istilah delik pers," ujar Priyatna. LBH Pers yang akan dibentuk PWI Banyuwangi ini, menurut Priyatna, bekerjasama dengan lembaga Lawyer yang ada di Banyuwangi. Dimana nantinya anggota LBH Pers ini, adalah anggota PWI yang berlatar belakang akademis Sarjana Hukum dan perwakilan lawyer yang ada di Banyuwangi. Menurut Priyatna, jika sebuah tulisan media dianggap menimulkan dugaan delik pers, maka seseorang yang merasa dirugikan kerap kali mengadu ke pihak hokum maupun membuat konflik dengan si wartawan atau media massa tersebut. Bahkan tidak sedikit dengan menggunakan jasa body guard atau preman menekan bahkan mengancam jiwa si wartawan yang menulis pemberitaan tersebut. “Apalagi pemberitaan dalam setiap pemilu, rentan terhadap resiko kekerasan terhadap wartawan. Baik yang berasal dari simpatisan partai maupun dari partai politik yang bersengketa,” ujarnya. (bwi-1/lan)

Lumajang-HARIAN BANGSA Memasuki masa tenang, baik partai politik (parpol) maupun calon anggota legislatif (caleg) dan calon anggota DPD, tidak diperkenankan lagi memasang Alat Peraga Kampanye (APK). Mereka wajib menertibkan sendiri APK yang dipasang, apabila dibiarkan maka akan dianggap melanggar pidana pemilu. Anggota Pawaslu Kabupaten Lumajang Bagian Penindakan dan Pelanggaran Hisbul lah Huda, SH menjelaskan, peserta pemilu yang tidak menertibkan APK atau berkampanye di media massa pada masa tenang dan pada hari H pemungutan suara, akan dianggap melakukan kampanye di luar jadwal dan melanggar ketentuan pasal 276. Undang-undang Nomor 8 tahun 2012 tentang pemilu DPR, DPRD dan DPD. Dan pelanggaran terhadap pasal ini, lanjut Hisbullah, akan dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu tahun dan denda paling banyak Rp 12.000.000. "Caleg harus tertibkan sendiri. Kalau tidak, kami akan lakukan penertiban. Kalau sampai pada hari H masih ditemukan adanya alat peraga kampanye itu, maka akan ditindaklanjuti sebagai pelanggaran pidana pemilu," tegasnya, Minggu (6/4). Hisbullah mengatakan, untuk mengingatkan peserta pemilu, pihaknya telah mengeluarkan surat kepada peserta

H-4, Caleg PAN Jember Meninggal Dunia JEMBER- Seorang calon legislator perempuan DPRD Jember dari Partai Amanat Nasional (PAN) meninggal dunia, empat hari jelang pemungutan suara 9 April 2014. Caleg bernama Rohma Amini itu ditemukan meninggal dunia, Sabtu (5/4) malam di kamar rumahnya, di Perum Bumi Esthe, Kecamatan Kaliwates. "Menurut informasi yang saya terima, beliau terkena tekanan darah tinggi," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah PAN Jember, Evi Lestari. Rohma ditemukan dalam keadaan tertelungkup d i samping ranjang. Di oleh Meri, putri pertamanya. Dia dimakamkan pukul 10.00 WIB, Minggu (6/4). Evi menyatakan berduka atas wafatnya caleg dan kader PAN tersebut. "Beliau sosok wanita yang bersemangat dan ramah,dan kami jajaran PAN sangat kehilangan beliau," katanya. (jat/jbr)

Contoh surat suara Pemilu Legislatif yang didistribusikan.

Surat Suara Salah Cetak belum Diganti BANYUWANGI- Perbaikan terhadap puluhan ribu surat suara d i Banyuwangi yang salah cetak belum jelas. Dikabarkan, surat suara tersebut sudah diganti dan sudah sampai ke KPU Banyuwangi H-4 menjelang pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg) pada 9 April 2014. Namun, pihak KPU belum bisa dikonfirmasi terkait hal tersebut. Sebelumnya, Komisi Pemil ihan Umum (KPU) Banyuwangi, menemukan sebanyak 67.949 surat suara tidak bisa dipakai karena salah cetak. Jumlah tersebut, merupakan hasil pemeriksaan final setelah sehari sebelumnya ditemukan 10.010 surat suara salah cetak di Kecamatan Sempu. Ketua KPU Banyuwangi Syamsul Arifin menjelaskan, 67.949 Surat suara salah cetak itu tersebar di lima panitia pemilihan kecamatan (PPK) di daerah pemilihan (Dapil V) Banyuwangi, yang meliputi Kecamatan Sempu, Glenteng, Glenmore dan Kalibaru. Rinciannya, di Kecamatan Genteng ditemukan 14.936 surat suara, Glenmore 7003, Kalibaru 35.000 dan Sempu 11.010. Dan ini data final," papar Syamsul. Syamsul mengatakan, KPU telah meminta pihak percetakan, yakni PT Temprina untuk menganti surat suara yang tidak terpakai itu. "Mereka janji secepatnya menganti, termasuk menanggung biaya tenaga pelipatnya. Jadi surat suara sampai di KPU dalam keadaan terlipat," ucapnya. (bwi-1/lan)

Satpol PP Kabupaten Lumajang melakukan penertiban APK selama masa tenang menjelang Pemilu Legislatif 9 April 2014. foto: imron ghazali/HARIAN BANGSA

pemilu agar tidak melakukan kampanye di luar jadwal. "Mulai kemarin Panwaslu Kabupaten sudah keluarkan surat kepada peserta pemilu untuk mereka lakukan penertiban sendiri. Bahwa tanggal 6 April sudah harus bersih

APK," terangnya. Pantauan di lokasi, setelah mendapat rekomendasi dari Panwaslukab, Satpol PP Kabupaten Lumajang langsung beraksi menertibkan alat peraga kampanye hingga hari H pencoblosan. Satpol PP tidak

segan-segan menurunkan paksa alat peraga kampanye. Bagian Lapangan Satuan Polisi Pamong Praja Lumajang BEP mengatakan, pada hari pertama, pihaknya menurunkan paksa sekitar ratusan baliho, spanduk, maupun benner

diseluruh wilayah Lumajang. "Yang kami turunkan ialah alat peraga kampanye yang dipasang di tiang listrik, di paku di pohon. Dalam penurunannya satpol PP dibantu PPL dimasing-masing kecamatan setempat," ujarnya. (lmj-/lan)

Isu Tsunami Cile belum Reda

Nelayan Pancer Mengungsi Banyuwangi-HARIAN BANGSA Informasi tsunami yang diakibatkan gempa di Chile, ratusan nelayan Pantai Pancer, Dusun Pancer, Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi sejak Sabtu (5/4) tidak berani melaut. Mereka memilih ikut mengungsi ke tempat yang aman, karena takut tsunami akan melanda daerahnya. Meski mata pencaharian para nelayan sebagai pencari ikan, namun mereka saat ini harus rela libur demi keselamatan mereka. ''Sejak sore kemarin, saya datang kesini atas informasi kepala dusun setempat,'' ucap Sugiyanto warga Dusun Pancer. Dia mengaku takut dan trauma jika tsunami tahun 1994 kembali melanda daerahnya. Ketika itu, tsunami sempat menghancurkan tempat tinggalnya dan membuat beberapa orang hilang. ''Kami takut dan khawatir tsunami kembali terjadi,'' katanya.

Camat Pesanggaran Didik Joko Suhono (berspatu lars warna kuning) bersama dengan Polsek setempat dan petugas BMKG serta BPBD Banyuwangi sedang meninjau langsung pantai pancer, Sabtu 5 April 2014. foto:fransiscus wawan/HARIAN BANGSA Meski masyarakat sempat ketakutan dengan informasi yang beredar, namun ada beberapa nelayan yang nekat juga untuk melaut. Hal ini dibenarkan oleh Camat Pesanggaran Didik Joko Suhono. Dia menyampaikan, ada beberapa warga nelayan yang melaut. Ke-

mungkinan warga tersebut belum mengetahui warga lainnya yang ikut mengungsi. Pihaknya mengharap, agar kondisi ini dapat segera kembali normal. Sehingga aktivitas warga kembali seperti sedia kala. “Kami sangat berharap agar warga dalam kondisi tenang,

menjalankan roda ekonomi dengan baik,” ungkapnya. Sementara itu, kepastian dampak akibat gempa dan tsunami di Chile yang akan melanda perairan laut selatan Banyuwangi dibantah oleh BMKG Banyuwangi. BMKG menyatakan hal tersebut tidak terbukti dan sudah meninjau langsung kondisi perairan yang berada di pantai pulau merah Kecamatan Pesanggaran. Petugas BMKG Banyuwangi, bersama camat, Polsek setempat dan juga jajaran pemerintah Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi datang dan memastikan langsung kebenaran informasi potensi tsunami yang akan melanda perairan pantai laut selatan di pantai pulau merah. Para pemangku kebijakan ini memastikan informasi dampak gempa yang terjadi di Chile tidak berpengaruh besar pada warga yang berada di daerah tersebut.

Prakirawan Cuaca pada BMKG Banyuwangi Gigik Nurbaskoro mengatakan, setelah melihat langsung dan memantau kondisi laut, pihaknya memastikan perairan laut pantai selatan aman. Dia menjelaskan, informasi yang diprediksi oleh BNPB bahwa kedatangan tsunami susulan akan melanda daerah tersebut, namun hingga batas waktu tersebut, tandatanda tsunami tidak terbukti. Karena menurutnya, potensi ketinggian gelombang yang akan sampai ke perairan laut selatan Banyuwangi yang diakibatkan dari gempa dan tsunami di Chile diprediski hanya sekitar nol hingga 50 centimeter, sehingga sulit untuk diprediksi. Gigik menghimbau agar warga yang berada di sekitar pantai untuk tetap tenang, tidak panik dan selalu waspada. Dia juga meminta kepada seluruh warga yang sempat mengungsi untuk segera pulang ke rumah masing-masing. (bwi-1/lan)

Jenazah TKI Terancam Tak Bisa Dipulangkan Bondowoso-HARIAN BANGSA Kabar meninggalnya tenaga kerja Indonesia (TKI), Asal Bondowoso, yang bernama Suparto alias Pak Afifah (47 tahun) warga RT.05, RW. 01 Desa Jebung Kidul, Kecamatan Tlogosari, sempat membuat geger warga setempat. Menurut Sofiah, Istri almarhum yang juga sebagai TKI, saat dikonfirmasi melalui telpon selulernya membenarkan, bahwa suaminya telah meninggal dunia di Sarawak Malaysia, hari Minggu dini hari sekitar pukul 02.00 waktu setempat. “Suami saya, awalnya mengeluh sakit kepala, kemudian saya bawa ke rumah sakit, tapi beberapa jam kemudian suami

sudah tidak lagi bisa ditolong oleh pihak medis, sehingga menghembuskan nafas yang terakhir,'' ujar Sofiah, Minggu (6/4). Menurut Sofiyah, dari keterangan dokter yang merawat suaminya menjelaskan bahwa pembuluh darah otaknya pecah, diduga almarhum mengidap penyakit otak itu sudah lama, tapi dia tidak pernah bercerita. “Kata dokter yang merawat suami saya, suami saya dulu pernah jatuh, sehingga mengganggu pembuluh darah otaknya.” Tuturnya. Sofiah juga membenarkan, suaminya dulu pernah jatuh dari atas pohon saat memanjat kelapa, sehingga akibat dari itu pembuluh darahnya pecah sehingga

mengakibatkan kematian. “Saya sudah pasrah, awalnya jenazah suami saya mau dibawa pulang ke Indonesia, namun biayanya untuk mebawa pulang ke Indonesia mencapai Rp.40 juta, sehingga saya terpaksa merelakan untuk dikubur disini (Malaysia),” tegasnya. Sementara itu, Buk Andi, mertua almarhum hanya bisa pasrah ketika menantunya sudah dimakamkan di Malaysia. Namun keluarga almarhum yang berada di desa Jebung Kidul masih berharap agar jenazahnya bisa dibawa pulang atas bantuan Pemerintah. "Sedangkan Satinah, TKI yang terancam dihukum pancung masih bisa di-

bantu oleh Pemerintah dengan biaya yang mencapai puluhan miliaran rupiah, sedangkan untuk memulangkan jenazah menantu saya hanya membutuhkan biaya sekitar Rp.40 juta, masak pemerintah tidak bisa membantu,” keluhnya. Selain itu, Hafid Sekretaris Desa Jebung Kidul mengungkapkan sangat prihatin terhadap warganya yang meninggal di Malaysia. “Saya hanya turut prihatin dan berdukacita, harapan saya semoga keluarga yang ada di sini tabah menghadapi cobaan ini, apalagi Sofiah Istrinya telah pasrah tidak mau membawa pulang jenazah suaminya,'' katanya. (gik/lan)

HUT Satpol PP ke-64 dan Sat Linmas ke-52 Sangat Istimewa Jember-HARIAN BANGSA Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satpol PP ke 64 yang dirangkai dengan peringatan Hari Jadi Satuan Perlindungan Masyarakat (SatLinmas) secara bersamaan d i Kabupaten Jember melalui kegiatan apel di Alun-alun Jember berjalan hikmat dan sederhana. Hal ini lantaran tugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke depan sangatlah berat. Selain harus menjadi aparatur yang profesional, Satpol PP juga dihadapkan pada aturan yang harus dijalankan secara tegas bagi Parpol peserta pemilu yang sembarangan memasang alat peraga di sejumlah tempat. Bupati Jember MZA Djalal langkah mengapresiasi Satpol PP terkait penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) Pileg. Peringatan HUT Satpol-PP dan Sat Linmas tahun ini sangat istimewa karena bertepatan de-

Wakil Bupati Jember Kusen Andalas memberikan penghargaan kepada SKPD.

Anggota Satpol PP Pemkab Jember saat upacara HUT ke-64 di Alun-alun Jember. foto: yudi indrawan/HARIAN BANGSA

ngan proses tahapan pelaksanaan pemilu baik itu DPR, DPD dan DPRD bahkan pemilihan presiden yang akan di gelar 9 Juli mendatang . ''Saya minta Satpol-PP di Kabupaten Jember dapat menjalankan fungsi dan tugasnya sebagai penegak perda, terma-

Dalam isi pidatonya, Bupati Djalal menjelaskan, potensi konflik akibat pemilu cukup besar. ''Sehingga saya minta Satpol harus telah mempersiapkan diri mulai dari sekarang, tingkatkan kordinasi dengan pihak kepolisian. Melalui momentum peringatan hari jadi

suk ikut mengamankan tahapan pemilu hingga pada proses penetapan,'' kata Wakil Bupati Jember Kusen Andalas saat membacakan pidato Bupati Jember MZA. Djalal dalam upacara peringatan HUT ke-64 Satpol PP dan HUT ke-52 Sat Linmas.

ini, di harapkan Satpol-PP dan Sat Linmas dapat mengambil peran dan mengoptimalkan kinerja. Sehingga, Satpol PP dan Sat Linmas juga harus siaga penuh menjelang pelaksanaan coblosan pada 9 April nanti. Jayalah Satpol PP dan Sat Linmas,'' ujarnya.

Djalal juga meminta kesadaraan para peserta pemilu, baik partai politik maupun para caleg agar dapat menurunkan send iri alat paraga kampanyenya. ''Karena jika tidak maka Satpol-PP akan menurunkan secara paksa,'' kata Djalal dalam isi pidatonya. Wakil Bupati Jember, Kusen Andalas melanjutkan, tema HUT Satpol PP dan Satlinmas selaras dengan kondisi saat ini. Yakni, kesiapsiagaan dan keterlibatan Satpol PP dan Sat Linmas mendukung kelancaran pelaksanaan Pileg 2014 serta ikut serta menjaga ketertiban umum. ''Satpol PP bertugas menegakkan peraturan daerah dan Satlinmas membantu penanggulangan bencana alam,'' jelasnya. Namun, tidak hanya menjadi tugas Satpol PP dan Sat Linmas di Pemkab Jember. semua Satuan Kerja Perangkat

Daerah (SKPD) juga harus berperan aktif menyukseskan Pileg. Begitu juga, seluruh PNS Pemkab Jember diminta aktif berbondong-bondong datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Masing-masing PNS diminta memberikan suaranya. Setiap PNS juga diminta mengajak saudara dan tetangganya memberikan suara pada coblosan pileg. Sehingga, kata dia, PNS memberikan contoh kepada masyarakat sekitar untuk ikut menekan angka golput di Jember. HUT Satpol PP dan Sat Linmas digelar Pemkab Jember dengan upacara di Alun-alun Jember. Upacara d ihad iri berbagai elemen pemerintah di Jember. Selain jajaran pejabat SKPD Pemkab, juga hadir jajaran samping seperti TNI dan Polri. Upacara dipimpin Wakil Bupati Jember Kusen Andalas mewakili Bupati Jember MZA Djalal. (yud/Adv Humas)


9

HARIAN BANGSA

SENIN, 7 APRIL 2014

Raskin Berkutu dan Berulat, Anggota DPR Geram LAMONGAN - Beredarnya beras untuk rakyat miskin (raskin) berkutu dan berulat membuat gerah kalangan dewan. Viva Yoga Muladi, anggota DPR-RI mengaku kaget saat mendapat laporan dari penerima beras raskin di Kecamatan Turi ini. "Ini sudah tidak wajar, apalagi Dolog selaku penyalur mestinya melakukan pemeriksaan terhadap kualitas beras raskin," ujarnya, kemarin (6/4). Dan anggota komisi IV yang membidangi pertanian ini mengaku tidak habis pikir dengan pola penyaluran beras Raskin diLamongan. "Kalau sampai dijumpai ada yang berkutu dan berulat maka itu sudah menjadi catatan kami. Kami akan mendesak Dolog melakukan evaluasi raskin di gudangnya," kata dia lagi. Sementara, Kepala Gudang Dolog Lamongan Rudi mengakui jika raskin yang dibagi berasal dari gudang miliknya. "Benar beras tersebut dari gudang kami," ungkap Rudi. Beras tersebut merupakan beras yang disimpan selama 6 bulan. “Jika memang ada yang berkutu dan berulat silakan mengembalikan dan akan diganti," tandasnya. Seperti diberitakan, askin untuk warga Desa Sukorejo, Kecamatan Turi, Lamongan ditemukan berkutu dan berulat. Disamping itu beras raskin berwarna kekuningan. (ais/nis)

Bupati Gresik Umrohkan 2 Wartawan UMROH. Wartawan Tabloid Suksesi, Mustari dan wartawan TransTv, Miftahul Arif beruntung mendapat undian umroh gratis dari Bupati Gresik. foto : syuhud/ HARIAN BANGSA

GRESIK - Dua wartawan yang bertugas di Gresik, yakni wartawan Tabloid Suksesi, Mustari dan wartawan TransTv, Miftahul Arif mendapatkan hadiah umroh gratis dari Bupati Gresik Sambari Haim Radianto. Kedua wartawan tersebut terpilih dalam undian yang diikuti 36 wartawan di Gresik dalam acara silaturahmi antara wartawan bersama bupati dan pejabat Gresik di salah satu hotel di Kota Batu, kemarin. Menurut Sambari, pemberian hadiah umroh gratis melalui undian ini sebagai bagian dari jalinan silaturahmi antara Pemkab Gresik dengan para peliput berita yang ada di Gresik. Kedua wartawan yang mendapatkan hadiah umroh gratis tersebut akan menjalankan ibadah haji kecil pada saat bulan suci Ramadan, mendatang. Miftahul Arif,mengaku sebelum mendapatkan undian umroh gratis bermimpi terkena tetesan air hujan, karena atap rumahnya bocor. Selama ini, ia juga terobsesi untuk bisa pergi ke tanah suci. Obsesinya ini ditunjukkan dalam aktifitasnya sehari-hari yang selalu berkalung surban. "Sungguh saya tidak menduga mendapat hadiah umroh gratis dari Pak Bupati. Meski sangat kepingin berangkat ke tanah suci, namun tidak membayangkan dapat gratisan dan secepat ini pula,” katanya dengan mata berkaca-kaca. Sementara Mustari menyatakan, hadiah umroh gratis surprise luar biasa untuk dirinya. Dia mengaku sebelumnya berbincangbincang dengan istri-nya pada awal tahun 2014 ingin berangkat umroh. Bahkan dia juga berencana daftar tahun ini, tapi masih menunggu dananya cukup. Ternyata Allah memberikan jalan lain, sehingga keinginan saya terkabul. Saya hanya bisa menyampaikan terima kasih pada Pak Bupati,” katanya. (hud/nis)

Mobil Rombongan Manten Ditabrak Sepur Bojonegoro-HARIAN BANGSA Mobil rombongan pengantin asal Tembelang Jombang dihantam Kereta Api (KA) sekitar pukul 11.45 WIB, kemarin (6/4) di pertigaan Desa Jatigede, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro. Dua penumpang meninggal dunia dan enam diantaranya luka-luka. Dua korban yang meninggal dunia di tempat kejadian perkara (TKP) bernama Supiyatun (63) dan Umsiah (35) Warga Desa Sentul, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang. Sedangkan korban lain masih dalam perawatan d i rumah sakit. Korban yang masih dirawat bernama Luluk Misro Dhilllati (34), Sella (6), Dita Aulia (8), Deni Sukestin (26). Sedangkan Sulasmi (49), Diva, Lila, Sukadi, Kholil (10) dan Sugeng Subagio (50) berhasil menyelamatkan diri dengan keluar dari dalam mobil saat mengetahui ada kereta api yang akan melintas. Kecelakaan itu terjadi saat mobil yang ditumpangi 11 orang itu terjebak di perlintasan kereta.

EVAKUASI. Mobil rombongan pengantin yang tertabrak kereta api sedang dievakuasi.

Naskah UN Dikirim ke Bawean Gresik-HARIAN BANGSA Setelah disimpan di Mapolres Gresik, naskah soal ujian nasional (UN) untuk siswa di Pulau Bawean, akhirnya dikirim ke Bawean dengan menggunakan kapal cepat Bahari Ekspres, kemarin (6/4). Sebelumnya, naskah soal-soal UN tersebut telah tiba di Mapolres

Gresik pada 1 April lalu. Ada sekitar 16 kardus yang rencananya dikirim pada tanggal 3 April lalu. Karena masih ada kekurangan soal untuk paket C dan kaset VCD untuk soal mata pelajaran Bahasa inggris, akhirnya soal-soal tersebut disimpan menunggu lengkap sebelum dikirim. Kepala Dinas Pendidikan

(Disdik) Gresik M Nadlif kepada wartawan mengatakan, keterlambatan pengiriman naskah soal ke Bawean karena menunggu kaset VCD yang belum dikirim dari Disdik Jatim. “Setelah kekurangannya dikirim, kami langsung berangkatkan semua naskah dan keperluan UN lainnya,” katanya. Selain kepingan kaset VCD

Sibuk Nyaleg, Raperda Tertunda Bojonegoro - HARIAN BANGSA Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Detail Tata Ruang Kecamatan (RDTRK) empat kecamatan di Bojonegoro kembali harus tertunda. Sebab, para anggota DPRD setempat yang akan maju lagi tengah sibuk mempersiapkan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 9 April 2014 besok. "Para anggota dewan banyak yang mencalonkan diri menjadi anggota DPRD lima tahun mendatang. Karena persiapan Pemilu ini, saya pikir teman-teman anggota lebih fokus untuk proses konsolidasi dalam rangka pe-

menangan Pemilu,” kata Pimpinan DPRD Sukur Priyanto, kemarin (6/4). Sehingga, hal ini tentu berpengaruh terhadap progres pembahasan RDTRK yang sudah tertinggal pengesahannya dari 13 Raperda yang diajukan sebelumnya. Sedangkan sebelumnya Perda RDTRK ini ditargetkan akan rampung pada akhir Maret lalu. "Untuk proses pembahasan masih ada banyak hambatan,” ujar pria yang juga politisi Partai Demokrat itu. Selanjutnya, pembahasan Raperda RDTRK akan dilanjutkan usai pelaksanaan Pemilu.

Namun, pihak DPRD juga berkilah bahwa pihak eksekutif juga terlambat dalam penyampaian draft Raperda ini. "Draftnya terlambat masuk dan pada saat masuk waktunya bersamaan menjelang Pemilu Legislatif,” ungkapnya. Penyusunan Raperda RDTRK empat kecamatan yakni Kapas, Bojonegoro, Ngasem dan Kalitidu ini ditujukan untuk mendukung proses industrialisasi Migas yang ada di Bojonegoro. Sehingga, pengembangan wilayahnya sudah tertuang dalam aturan dan menjadi pedoman dalam pelaksanaannya. (bjn-1/nis)

Satpol PP Siap Eksekusi Mobdin Anggota DPRD Gresik Gresik-HARIAN BANGSA Bagian Perlengkapan Pemkab Gresik berkoordinasi dengan Satpol PP untuk menindak para eks anggota DPRD Gresik periode 2009-2014 maupun anggota dewan yang masih aktif yang tidak mengembalikan mobil dinas (mobdin). “Kasubag Perlengkapan sudah koordinasi dengan kami soal penarikan mobdin yang digunakan eks anggota DPRD maupun yang masih aktif,” kata Kasi Binum (Pembinaan Umum) dan Pengembangan Kapasitas Satpol PP, Agung Endro mendampingi Kasatpol PP, Darmawan, kemarin (6/4). Ditegaskan Agung, dalam koordinasi tersebut, Kasubag Perlengkapan meminta bantuan Satpol PP untuk mengeksekusi

foto : eky/

HARIAN BANGSA

mobdin yang digondol (dibawa, red) mantan anggota DPRD Gresik asal F-HGB, Budi Noto Projo yang telah di-PAW (pergantian antarwaktu). Selain itu, untuk penarikan mobdin masih dibawa anggota DPRD aktif, jika waktu pinjam pakainya sudah habis perakhir April 2014. “Ya kami diminta bantuan untuk lakukan eksekusi. Kami sangat siap untuk melakukannya,” tuturnya. Agung menjelaskan, Satpol PP baru akan melakukan eksekusi terhadap mobdin-mobdin yang dibawa anggota DPRD Gresik tersebut jika sudah ada surat permintaan tertulis dan legal formal dari Bagian Perlengkapan. Sejauh ini, Bagian Perlengkapan baru koordinasi soal teknis eksekusi. “Kapanpun waktunya kami dimintai bantuan untuk eksekusi

selagi ada surat resmi, langsung kami jalankan,” jelas Agung. Sementara Kasubag Perlengkapan Setwan, Nanang Yohansyah mengatakan, dari 46 anggota DPRD Gresik periode 20092014 yang membawa mobdin operasional terus berbondongbondong mengembalikan mobdin yang mereka bawa setelah adanya surat dari Bagian Perlengkapan per13 Maret 2014. Namun, juga masih banyak yang belum mengembalikan mobdin jenis Daihatshu Terios dan Kijang Innova tersebut. Hal ini disebabkan Bagian Perlengkapan memberikan toleransi pengembalian mobdin tersebut hingga bulan April. “Artinya, anggota DPRD masih bisa menggunakan mobdin tersebut hingga akhir April,” pungkas Nanang. (hud/nis)

KURSUS/PENDIDIKAN

JASA

yang terlambat dikirim, pihaknya juga masih menunggu soal ujian paket C. “Jadi, kalau sebelumnya hanya 16 kardus, akhirnya ada 23 kardus yang kami kirim,” jelasnya. Dalam pengiriman soal UN itu, ada ada satu orang dari tim independen yang ikut mengantarkan ke Bawean. “Ada tiga orang yang mengamankan,” tambahnya. Dalam pemberangkatan juga bersamaan dengan anggota

"Roda mobil menyangkut di rel saat akan melintas. Bersamaan denganitukeretaapidariarahbarat menuju ke Surabaya melintas, akhirnya terjadi kecelakaan," ujar saksi mata di lokasi kejadian, Jono. Menurut dia, lokasi tersebut memang rawan terjadi kecelakaan. Sebab tidak ada palang pintu untuk kendaraan yang akan menyeberang. "Memang rawan kecelakaan karena tidak ada palang pintu dan penjaganya," lanjutnya. Kapolsek Sumberrejo AKP Fandil menjelaskan korban luka dilarikan ke Rumah Sakit Islam (RSI) Muhammadiyah Sumberrejo, sedangkan yang meninggal diangkut menggunakan ambulance ke Rumah Sakit Umum (RSU) Sumberrejo. Dari keterangan warga, mobil rombongan pengantin tersebut asal Tembelang dan baru saja menuntaskan hajatan di Desa Jatigede, Kecamatan Sumberrejo. Jumlah awal rombongan tiga mobil, tetapi mobil inova yang pal ing belakang itu dihantam KA Harina dari barat tujuan ke Surabaya. (bjn-1/nis)

polisi yang berangkat ke Bawean untuk pengamanan pemilu. “Sekitar 38 personil anggota pol isi juga turut satu kapal dengan naskah UN,” imbuhnya. Di Pulau Bawean, peserta UN SMA sederajat sebanyak 809 peserta UN yang digelar 14 April di Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak. “Setelah sampai di Bawean akan langsung dijemput Polsek Sangkapura,” pungkasnya. (sho/nis)

800 Rumah di Dua Desa Tergenang Lamongan-HARIAN BANGSA Hujan deras yang menguyur wilayah Lamongan selama empat jam mengakibatkan 800 rumah di Desa Kebet, Desa Plosowahyu Kecamatan Kota Lamongan dan Desa Baturono Kecamatan Sukodadi tergenang akibat tanggul anak sungai kali Lamongan jebol dan meluap. Keterangan sejumlah warga menyatakan jebol dan meluasnya tanggul sungai Kebet ini sudah nampak sejak Minggu malam. "Arusnya sedang deras dan tingginya sudah sama dengan tanggul," ujar Sugin (45) warga Desa Kebet, kemarin (6/4). Disamping merendam ratusan rumah, jebolnya tanggul dan melubernya sungai juga memutuskan jalan poros Lamongan-Sugio dengan ketinggian air bervariasi antara 20-40 cm. Sejumlah pengendara yang melewati jalan penghubung ini harus ekstra hati-hati apalagi dengan derasnya arus yang mengalir. Tak jarang ada juga

sepada motor milik pengendara yang mogok akibat mencoba menerobos jalan yang banjir. Kanit Turjawali Iptu Pipin menyatakan melubernya air ke jalan raya karena imbas jebolnya tanggul sungai Plalangan karena tidak kuat menahan arus air akibat diguyur hujan semalam. "Genangan banjir terjadi sekitar pukul 05.00 wib. Ketinggian air saat itu mencapai ketinggian antara 60 - 80cm," ujarnya. Dan untuk itu, petugas telah menempatkan sejumlah rambu peringatan disamping petugas. "Sementara kita gunakan pengaturan sampai air benarbenar surut," tandasnya. Suprapto, Kepala BPBD Lamongan yang dikonfirmasi membenarkan jebol dan meluapnya tanggul sungai Kebet. "Ada sekitar 800 rumah yang tergenang dari dua desa yakni Desa Kebet dan Desa Plosowahyu," ujarnya. Dan BPBD sudah menyalurkan sejumlah bantuan diantaranya gedek, sembako, dan bambu. (ais/nis)

TERGENANG.. Jebolnya tanggul sungai Plalangan membuat jalanan tergenang hingga memacetkan arus. foto : haris/HARIAN BANGSA

JASA PENGOBATAN

Y

PENGOBATAN

fn*17/3-16/4/14

KURSUS/PENDIDIKAN up*4/4-5/5/14

Yasco Training Center Jl. Raya Ngagel No. 163 Sby Telp. 031-70997550 Hp. 081 5531 57679 Fax. 031-8297934

Kesempatan mengikuti Training untuk membuka LAPANGAN KERJA dalam Bidang: 1. Montir Mobil. 2. Montir Diesel. 3. Montir Sepeda Motor. 4. Montir AC / Kulkas. 5. Montir Dynamo. 6. Montir TV/ Elektronika. • • • • • • ` `

TOUR & TRAVEL

“Saatnya Beriklan di Internet” Terima Jasa Iklan Google Murah, Buktikan Order Akan Berlimpah Telp: 031-72833227, 081335640101 hw*12/3-11/4/14

SEDOT WC fn*2/4-3/5/14

“ALSO PRODUCTION” Terima Ongkos Cetak 1/2 Plano Full Colour Uk.64x46, Cepat dan Murah, Juga Melayani Cetak Buku, Kalender 2014, Bulletin, Packaging, Nota, Kaos, Banner, Stiker, Poster, Cont.Form, dll. Hub. 031-70475803

Gratis Baju Kerja & Bahan Praktek Rombongan baru Tgl. 3 Setiap Bulan

hw*21/3-21/4/14

PARANORMAL

hw*20/3-20/4/14 fn*2/4-3/5/14

up*20/2-20/4/14

BIMA SEDOT WC Limbah Lumpur Hub. 031-3291975, 08123002134 Melayani Luar Kota

JASA

PERCETAKAN

BANK

fn*22/2-23/3/14 fn*7/4-8/5/14 up*12/3-11/4/14

MENDONG Sembuhkan Berbagai Penyakit dan Kanker di Rumah Hub: 082302174123 dan SMS 031-71615383

SULAM ALIS 3D,4D,6D 900-1,5 Jt Terima Kursus Sulam Alis Hub: 031-7325475 / 081938361555,PIN BB : 23a47305,Darmo Indah Selatan Blok KK No.72 SBY

fn*6/4-7/5/14

hw*27/3-27/4/14

fn*24/3-24/4/14

“KASA” JASA BUAT LAPORAN PAJAK, Sistem ADM Keuangan & Privat Akuntansi / Pajak Utk Umum, Mahasiswa & Siswa (Teori / Praktek / Training) Telp. 085230477909, 0818562318, 085730101369

CV MITRA SEDOT WC Hub : 8791356/ 8712042, 24 Jam. Hari Minggu & Hari Besar Tetap Buka ada Discount.!! up*26/3-26/4/14

BUTUH Penambahan Modal utk Usaha Unit Jaminan BPKB Mobil / Truck / Bus / R3. Hub. 031-72310837, 72897599, 087853557547 up*19/3-19/4/14

hw*9/3-8/4/14 fn*1/4-2/5/14


HARIAN BANGSA

SENIN, 7 APRIL 2014

10

Paman Cabuli Keponakan

Warga berinisiatif melepas Alat Peraga Kampanye disalah satu sudut di Kota Kediri, Minggu (6/4). foto : arif kurniawan/harian bangsa

Warga Berinisiatif Bredeli APK Kediri-HARIAN BANGSA Memasuki masa tenang kampanye 2014, dikota Kediri masih banyak alat peraga kempanye (APK) berupa bal iho berukuran besar, serta pamflet milik partai yang maju dalam kampanye. Dan banyak warga yang merasa baliho tersebut membahayakan orang akhirnya dilepas paksa. Hal ini dilakukan oleh warga tanpa ada yang meminta dan merupakan inisiatif pribadi. Seperti yang dilakukan warga Bandar Lor gang 2 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, warga dengan bergotong-royong melepas baliho dan atribut milik satu caleg dari partai Nasdem. Dikonfirmasikan pada salah satu warga yang ikut melepas baliho tersebut mengatakan,

bahwa dirinya dan juga warga sekitar melepas baliho atas dasar inisiatifnya dengan warga dan tidak ada suruhan dari partai mana pun. “Saya melepas ini tidak ada yang nyuruh, namun saat ini kan sudah waktunya hari tenang kampanye,” ungkap Abdultrochman (55), satu penjaga perumahan Candra Kirana Kota kediri, Minggu (6/4). Abdulrochman juga menambahkan bahwa pemasangan bal iho serta pamflet dan juga alat peraga yang ada di gang kelurahan maupun jalan kelurahan sangatlah mengganggu pemandangan warga, serta masyarakat yang akan melewatinya. Dan hal itulah yang menjadikan warga melepas sendiri atribut kampanye yang ada, namun warga juga kecewa dengan caleg yang tidak mau

melepas atributnya sendiri. “Warga kecewa. Dengan caleg yang tidak mau melepas atributnya di saat masa tenang, dan saat ini warga sendiri yang melepas,” ungkap Abdulrochman, yang juga merasa kecewa dengan caleg kota Kediri. Terpisah, Anggota komisioner KPUD kota Kediri Masrukin mengatakan, pihak KPUD Kota Kediri telah melakukan rapat sebelumnya satu hari sebelum memasuki masa tenang Kampanye, dan rapat juga dihadiri partai peserta pemilu 2014, Satpol PP kota Kediri, Polisi serta Panwaslu. Dalam rapat disebutkan bahwa Atribut kampanye dalam bentuk apapun harus sudah dilepas dan tidak terpasang di jalan memasuki masa tenang kampanye. “Pihak KPU sudah mera-

patkan penertiban, dan meminta agar satu hari sebelum maemasuki masa tenang kampanye semua alat peraga maupun atribut kampanye sudah harus dilepas,” ungkap Masrukin. Lebih lanjut Masrukin mengatakan sesuai dengan aturan UU no 8 tahun 2012, terkait dengan kampanye sudah disebutkan. Menurut Masrukin, Pemda harus bertanggung jawab penertiban tersebut dan tidak boleh tebang pil ih dalam penertibanya. “Pihak Partai dan Caleg seharusnya juga menaati aturan yang ada, karena hal itu sudah melanggar UU Kampanye. Dan pihak Pemkot berhak melakukan pembredelan apabila ada yang melanggar dan masih memasang atribut kampanye,” pungkasnya. (rif/ros)

Blitar-HARIAN BANGSA Upaya keluarga Mawar (15) menitipkan anak gadisnya kepada Mujianto (40) warga Jl Lekso Kelurahan Tanjungsari Kecamatan Sukorejo Kota Blitar Justru membawa sengsara. Mawar yang seharusnya mendapatkan perlindungan dari Mujianto justru dijadikan pelampiasan nafsu pamannya itu. Sejak orang tuanya bercerai, Mawar memang ikut ayahnya. Derita Mawar berawal saat orang tuanya tersandung masalah hukum dan harus menjalani hukuman. Ayah Mawar akhirnya menitipkan anaknya ke Mujianto. Perbuatan Mujianto terhadap anak murid kelas VI salah satu SD Sukorejo itu d iketahui, setelah Mawar jarang masuk sekolah. Teman-temannya kemudian mendatangi Mawar di rumah Mujianto. Dengan lugunya Mawar menceritakan ulah Mujianto kepada dirinya. Cerita Mawar kemudian disampaikan ke orang tua masing-masing teman Mawar. Mendengar informasi tersebut beberapa orang tua siswa kemudian melapor ke

kantor Kelurahan Tanjungsari. Perangkat kelurahan selanjutnya melapor ke Polres Blitar Kota, pada hari Sabtu (5/4). Mendapat laporan itu Mujianto kemudian ditangkap petugas pada hari yang sama. "Dalam pemeriksaan awal pelaku Mujianto mengakui perbuatannya. Ia tega menggagahi Mawar sejak bulan Oktober 2013," kata Kapolres Blitar Kota AKBP Yulia Agustin. Di hadapan penyidik, Mujianto mengaku merasa kesepian setelah ditinggal istrinya. Mujianto tergoda setiap melihat Mawar sedang mandi. "Pertama kali dia (Mawar) saya ajak begituan di kamar mand i. Seingat saya sekitar bulan Oktober," terang Mujianto. "Setiap hari saya beri uang jajan Rp 2 ribu untuk makan. Setelah kejad ian di kamar mandi itu, dia sering saya paksa untuk berbuat layaknya suami istri dengan sed ikit ancaman," tambahnya. "Tersangka bisa dijerat UU RI nomor 23/2002 dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara," terang Kasat Reskrim AKP Slamet Riyadi.(tri/ros)

Tersangka saat diamankan di Mapolres Blitar Kota.

Foto:tri

susanto/HARIAN BANGSA

Sambang Desa Pembangunan Desa Bisa Dongkrak Perekonomian Warga Sidoarjo-HARIAN BANGSA Desa Wonoayu Kecamatan Wonoayu berharap bantuan infrastruktur pembangunan desa dari Pemkab Sidoarjo. Karena dengan adanya segala fasilitas pembangunan desa, bisa diharapkan mampu mendongkrak perekonomian warga. Kepala Desa Wonoayu Supriyadi BSc, mengatakan hal ini, Minggu (6/4). Paling utama adalah pembangunan saluran irigasi yang baik, d i lokasi RT01/RW02 dan RT01 - RT02 RW05. “Pembangunan saluran irigasi juga bisa bermanfaat sebagai penahan jalan,”

Kepala Desa Wonoayu, Supriyadi, B. Sc. (Foto : agus HP/HARIAN BANGSA)

terang Supriyadi. Adapun di RT01, 02 RW04 membutuhkan paving jalan. Panjangnya sekitar

400 meter. “Jika pembangunan desa kami dibantu Pemkab Sidoarjo. Terutama saluran irigasi yang baik, maka bisa mendongkrak perekonomian warga. Karena warga kami dengan jumlah penduduk 3.000 jiwa, mayoritas masih berpenghasilan dari pertanian,” harap Supriyadi. Dia sudah kerap mengajukan proposal ke Pemkab Sidoarjo, Pemprov Jatim dan Pemerintah Pusat. Namun belum ada realisasi. “Pada musrenbang, kami juga pernah usulkan, tapi sampai sekarang belum ada wujudnya,” keluh Supriyadi (gus/dar)

Lanjutkan Tiga Mega Proyek, Tunggu Audit BPK Kediri-HARIAN BANGSA Tiga megaproyek senilai ratusan milyar rupiah milik Pemkot Kediri di era Pemerintahan sebelumnya, Walikota Abdullah Abubakar ini belum bisa dipastikan pengerjaanya. Pemerintahan yang baru dilantik 2 April ini, masih menunggu audit dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) tentang pengerjaan proyek sebelumnya. Diperkirakan, rekomendasi yang akan dilakukan yakni meneruskan proyek, tetapi pemkot lebih berhati-hati dalam pengerjaannya. Wal ikota Kediri Abdul lah Abubakar mengatakan, rekomendasi dari pemerintah dipastikan meneruskan proyek ini. “Kita tunggu dulu audit dari BPK, rekomenasi yang pasti diteruskan,” ujarnya.

Menurut pria yang senang disapa Mas Abu ini, dengan menunggu audit paling tidak sebagai bahan pijakan untuk penganggaran dan sejauh mana proyek tersebut sudah dikerjakan. Mengingat nanti dalam pemeriksaan BPK ada perbedaan penghitungan pengerjaan semasa kepemimpinan sebelumnya dan sekarang. “Titik nol saya di mana, dan bangunan itu sudah berapa persen. Baru nanti titik nol saya, setelah selesai akan diaudit lagi,” jelasnya. Sebelumnya, tiga megaproyek masing-masing Jembatan Brawijaya, kampus Poltek 2 dan Gambiran dua dipastikan mangkrak karena Gubernur Jatim menolak pengalokasian anggaran lanjutan tahun ini. Seperti diketahui, Pemkot

sempat mengajukan anggaran lanjutan diawal APBD 2014 sebesar Rp 80 milyar untuk pengerjaan ketiga megaproyek ini. Untuk diketahui, Tiga mega proyek di Kota Kediri itu kini dalam penyidikan dua lembaga penegak hukum. Jembatan Brawijaya dan Gedung Poltek ditangani Polda Jawa Timur. Sedangkan RSUD Gambiran II ditangani Kejaksaan Negeri Kediri. Dari ketiga proyek besar itu, sejumlah pejabat di lingkungan Pemkot Kediri kini telah ditetapkan sebagai tersangka. Besar anggaran yang diperlukan untuk mega proyek Jembatan Brawijaya sebesar Rp 66 mil iar. Sementara RSUD Gambiran II Rp 234 miliar dan Gedung Poltek Rp 88 miliar. Ketiga proyek besar itu belum sepenuhnya selesai. (rif/ros)

Masa Tenang, Panwaslu Copoti APK Sidoarjo – HARIAN BANGSA Panwaslu Sidoarjo serentak melakukan pencopotan alat peraga kampanye (APK) milik para calon anggota legislatif (caleg) Pemilu 2014, d i Kabupaten Sidoarjo, Minggu (6/4). Penertiban ini dilakukan seiring dengan masa tenang Pemilu mulai tanggal 6-8 April 2014. Penertiban APK dilakukan serentak mulai dari kawasan kota hingga kecamatan seKabupaten Sidoarjo. Di kawasan kota, Panwaslu bergerak melakukan pencopotan baliho, spanduk dan poster caleg mulai dari Jl Pahlawan, Jl Raya Cemengkalang, Jl Lingkar Barat, Jl Ahmad Yani hingga Jl Gajah Mada dan Jl Diponegoro. “Sedangkan di kecamatan, dilakukan Panwascam setempat dibantu anggota PPL (Petugas Pengawas Lapangan),” cetus Ketua Panwaslu Sidoarjo Burhanuddin. Kala penertiban APK, Panwaslu meminta Panwascam tidak pandang bulu melakukan penertiban. “APK dari caleg manapun harus ditertibkan,” katanya. Kata Burhanuddin, jika APK sudah d itertibkan namun caleg tetap ngeyel untuk kembali memasang APK akan langsung ditindaklanjuti oleh

Panwaslu Sidoarjo dibantu Satpol PP saat menurunkan sejumlah baliho di bundaran Taman Pinang Sidoarjo, Minggu (6/4). foto : mustain/HARIAN BANGSA

Panwas. Panwas akan memanggil caleg yang bersangkutan terkait langkah nekat tersebut. “Jika membandel dan menyalahi aturan jelas akan masuk ranah pidana,” katanya. Menurutnya, masa tenang harus dihormati oleh caleg. Diantaranya tidak boleh ber-

kampanye serta memasang APK sebagai bentuk pengenalan kepada masyarakat. Segala kegiatan yang berbau kampanye oleh caleg harus dihentikan. “Peraturan itu harus d ipatuhi oleh caleg hingga pencoblosan nanti,” tegas Burhanuddin. (sta/ros)


11

HARIAN BANGSA

SENIN, 7 APRIL 2014

Komplotan Pelajar Dibekuk Polisi Surabaya-HARIAN BANGSA Sebanyak 8 Pelajar dan 6 pemuda dipampang Mapolrestabes Surabaya, pada Minggu (5/4) siang kemarin. Mereka ditangkap karena kasus kejahatan jalanan. Beberapa pelaku yang masih duduk di bangku sekolah tertangkap dalam kasus perampasan diikuti kekerasan. Ke-14 pelaku hasil tangkapan dari tiga Mapolsek itu diantaranya 7 pelaku dari Polsek Jambangan, 5 pelaku Polsek Genteng dan 2 pelaku Polsek Sukolilo. Dari hasil tangkapan POlsek

Genteng dan Polsek Jambangan, berhasil menangkap 12 pelaku perampasan disertai kekerasan, diantaranya 7 pelaku masih pelajar antara lain Rahmad Efendi (18), Bagus Saputra (16), Bakti Alami Jaya (17) Kusuma (18), Naindry Enjang (17) , Fathul Ramad han (18), Ahmad Wahyudi (18), Ikwan (19). Sedangkan 5 pelaku lainya yaitu Hadi Febrianto (21) asal Jl. Pakis Gunung gg 1, Hendra Budi Permana (20) Jl. Pandegiling gg.II, Hardado Daliwinoto (20) Jl. Pakis no.15, Rad itya Setyawan (20) Jl. Pakis Gunung

I, Andik Nur Afansyah (22) Kec. Geding, Kab. Probolinggo. Sebanyak 2 pelaku dari tangkapan Polsek Sukol ilo yaitu Saiful (29) warga Ambengan dan Jefri (17) warga Jl. Peneleh gg.II, ditangkap karena kepergok sedang melakukan aksi pencurian motor, setidaknya sudah 5 tempat yang telah digarongnya. Ke-12 pelaku perampasan disertai kekerasan, selama melakukan aksinya modus yang dipergunakan, mencari calon korban yang menggunakan kendaraan lumayan bagus,

tersangka langsung memukul secara bersama dan melarikan kendaraan korban dan menjual dengan cara diperetel i dan sebagian digadaikan Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Setija Junianta menjelaskan, dari keberhasilan penangkapan 12 pelaku, bermula saat anggota Polsek Genteng sedang melakukan Razia, pada saat itu ada sebuah becak sedang mengangkut motor yamaha Vixion yang sudah pretelan. Melihat hal yang jangal, lantas anggota Genteng menghentikan becak tersebut, saat diintro-

grasi ternyata tukang becak bernama Andik Nur Afansyah yang juga pelaku tidak dapat menunjukan kepemilikannya "Petugas yang sedang melakukan Razia, mendapati motor yamaha Vixion yang sudah tidak utuh d inaiki ke becak dan d ikawal oleh dua pelaku, setelah diintrograsi keduanya memberikan jawaban berbeda dan tidak dapat menunjukan kepemilikannya," terang Setija Mendampingi Kapolrestabes Surabaya, Kasat Reskrim AKBP Farman Mengungkapkan, Pihaknya masih memburu 8 orang

14 Pelaku bersama barang hasil rampasannya.

(foto:rusmiyanto/HARIAN BANGSA)

jaringan dari 12 pelaku yang tertangkap, untuk identitas 8 DPO sudah diakntongi oleh petugas. "Bila memang ada unsur yang menguatkan penggelappannya,

pihak yang menerima gadai dapat kami Proses, sedang hasil dari aksinya ini, tersangka mengaku digunakan buat bel i miras," terang Farman. (yan/dur)

"Seru! Kita jadi kompak kerja dan gak bete. Kerja semangat terus," ucapnya saat ditemui di Trans TV, Kapt. Tendean, Jakarta Selatan, akhir pekan lalu (5/4). Dengan seringnya melakukan goyang Morena, Syahrini merasakan perbedaan yang drastis di tubuhnya. Aktifitas

yang padat sepanjang hari tidak terasa, lantaran goyang tersebut. "Lumayan berpengaruh, apalagi dalam sehari bisa 3 acara musik yang aku isi. Itu capek, menguras energi, nah kalo pas dibelakangpanggungbiasanyayangaku lakukan ya itu, goyang Morena," pungkasnya. (kpl/gtr/dur)

sudah dibuat dengan menggunakan anggaran yang sudah disepakati. DPR tidak punya hak apa-apa soal pelaksanakan program pemerintah. Di DPR itu tidak ada uangnya dan anggota DPR itu tidak memegang uang negara. Pejabat pemerintah (ekskutif ) yang pegang uang, yang membelanjakan dan yang membuat laporan. Untuk uang dikontrol oleh BPK (Badan Pemeriksa Keuangan), sedangkan untuk kinerja, apakah program terlaksana dengan baik atau tidak, seberapa anggaran terserap dan wujudnya apa, itu bagian DPR. Jadi, aslinya, anggota DPR itu tidak bisa korupsi, karena tidak ada uang yang dipegang. Soal oknum atau anggota DPR ada yang terjerat hukum, karena dia ngobyek, ikut tender, makelaran, minta bagian dan sebagainnya. Bisa dihitung dengan jari jumlah anggota DPR yang terjerat korupsi, seolah semua anggota yang jumlahnya 550-an orang itu maling semua. Begitu kejamnya media masa kita. Kembali ke janji calon anggota legislatif saat berkampanye. Mestinya, yang akan diperjuangkan itu sebatas apa yang diamanahkan dan menjadi kewenangannya saja, seperti mengalokasikan anggaran pendidikan lebih tinggi dengan perhitungan yang tepat, ang-

garan pertanian, bantuan sosial dll. , atau memperketat pengawasan hingga pemakzulan bila perlu, atau membuat undangundang yang jauh lebih aplikatif. Itupun harus d isetujui oleh semua anggota dan pemerintah. Sehebat apapun seorang anggota DPR, bila tidak didukung yang lain, maka tak ada artinya sama sekal i. DPR itu dewan yang kerjanya kolektif dan yang namanya undangundang itu hasil kesepatatan bersama antara DPR dan pemerintah. Tapi kenyataan di lapangan, calon legislator seenak gusinya mengumbar janji di luar kewenangannya, semisal meningkatkan ekonomi, mengentas kemiskinan, layanan kesehatan, meningkatkan kualitas pendidikan, menciptakan lapangan kerja, membagi lahan pertanian, memajukan desa dll., yang semestinya itu program eksekutif. Jika calon presiden atau kepala daerah yang berjanji demikian, maka masuk akal, karena itu kewajiban dan kewenangannya. Tapi kalau calon anggota DPR RI yang menjanjikan langsung aplikasi tersebut, maka pasti bohong besar. Apalagi yang janji itu calon anggota DPRD. Ingat, kebanyakan daerah masih tergantung belas kasihan pemerintah pusat, karena PADnya tidak mencukupi.

Asasi Manusia (HAM), pelanggaran hak anak, bernuansa pornografi, eksploitasi seksual, dan mistisisme. "Film "The Raid 2: Berandal" jelas sekali bernuansa kekerasan, pelanggaran HAM dan pelanggaran hak anak. Meskipun film ini khusus untuk dewasa, tetapi pengawasan di bioskop masih belum ketat," tutur Susanto kepada RoL saat dihubungi pada Ahad petang (6/4). Susanto juga mengaku pernah melihat sekilas film ini untuk kepentingan penelitian. Menurutnya, Indonesia sangat permisif terhadap peredaran film, termasuk "The Raid 2: Berandal".

Seharusnya ini tidak boleh terjadi. Dia menilai, negara tidak boleh lalai dan lengah terhadap masuknya film-film bermasalah. Oleh karena itu, ujarnya, jangan sampai Indonesia menjad i obyek bisnis film yang tidak sesuai dengan karakter bangsa. "Untuk memaksimalkan perlindungan anak dari film bernuansa kekerasan, negara harus memaksimal kan peran serta Lembaga Sensor Film," jelas Susanto. Pasalnya, Susanto menjelaskan, LSF diberikan kewenangan oleh negara untuk melakukan koreksi terhadap content film sebelum ditayangkan kepada publik. (nas/roi/dur)

organisasinya. "Sekali lagi saya tekankan, kami di MUI tidak tahu persis apakah Cecep melakukan itu atau tidak," tegasnya. Namun, dalam kasus Cecep Chol il mengatakan pihaknya akan melakukan pengawasan penuh, seperti yang dilakukan pada Ustadz Guntur Bumi. "Teknisnya nanti fleksibel. Protapnya membina. Misalnya, kasus Guntur Bumi, dikasih batas waktu 6 bulan itu pembinaan MUI, apakah MUI datang ke sana atau Guntur yang ke MUI," tandasnya. Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Mashud i, sebelumnya mengatakan tidak akan menahan dan menjerat Cecep dengan pasal-pasal mengenai penistaan agama. Hal tersebut berdasarkan sikap dari MUI Kota Bandung. "Proses hukum yang pasti itu berdasarkan Ketua MUI

Bandung," jelasnya. Sepert i d iketahui, Cecep Solihin meminta waktu kepada pihak kepolisian hingga Ahad (6/4/2014) untuk membubarkan pengikutnya. Pasalnya, banyak pengikutnya yang berasal dari luar Kota Bandung. "Sekarang sudah tidak ada lagi aktivitas di rumahnya Cecep," tegas Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Mashudi. Saat ini, lanjut Mashud i, Cecep masih dalam pengawasan dan pembinaan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bandung. Pihaknya juga tetap melakukan pengawasan terhadap Cecep. Petugas tidak sega-segan menangkapnya bila di kemudian hari terbukti membuka kembali praktik aliran sesat itu. "Anggota Babinkamtibmas dan Brigadir RW juga tetap memantau Cecep," tukasnya. (nas/okz/dur)

lam. Si pastor langsung berhenti, berlutut, dan mengatupkan tangannya berdoa sebelum diterkam harimau. Berdoa sebelum mati. Selesai berdoa, sang pastor terheran-heran karena ternyata ia masih hidup, tidak diterkam harimau. Waktu ia menoleh ke kanan, dilihatnya harimau itu berlutut di sampingnya dan ber-

doa sambil mengatupkan kedua kaki depannya, seperti orang Katol ik mengatupkan kedua tangannya ketika sedang berdoa. Si pastor lalu bertanya kepada harimau, "Harimau, kamu kok tidak menerkam saya, malah kamu ikut-ikutan berdoa seperti saya. Mengapa?" Jawab harimau: "Ya, saya sedang berdoa. Berdoa sebelum makan kamu!" (nuo/dur)

SAMBUNGAN

Golkar Perangi Politik Uang Golkar... Sambungan dari halaman 1 "Sistem proporsional terbuka membuat aktor pelaku politik uang bukan dari instrumen partai, melainkan dari kandidat dan tim suksesnya," kata Abdullah. Dia juga mengungkapkan, kasus politik uang berdasarkan pencalonan, banyak ditemukan dalam wilayah pencalonan di DPRD Kabupaten/Kota sebanyak 60 kasus. Lalu DPR RI sebanyak 37 kasus, DPRD Provinsi 31 kasus, dan DPD sebanyak tujuh kasus. Wilayah pemantauan ICW dan mitra jaringannya itu mel iputi Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Bengkulu, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah, Jawa Timur, Kal imantan Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Mitra jaringan pemantauan ICW antara lain, LBH Sumatera Barat, Sahdar Sumatra Utara, Fitra Riau, Kabahil Bengkulu, Mata Banten, dan G2W Jawa Barat. Lima besar daerah yang banyak melakukan politik uang yaitu

KPK... Sambungan dari halaman 1 Politisi PDI Perjuangan itu mengundurkan diri pada pertengahan Desember karena menjadi calon terpilih Wakil Gubernur Banten dengan pasangannya Ratu Atut Chosiyah. Saat ditanya mengenai ke-

Hari Ini... Sambungan dari halaman 1 Istighosah kebangsaan ini juga akan dihadiri oleh sejumlah Kiai dan Habaib dari sejumlah wilayah di DKI Jakarta. Untuk maksud diadakannya istighotsah kebangsaan tersebut, Muhammad menegaskan tidak ada muatan politik di dalamnya. "Acara ini t idak untuk menunjukkan dukungan kami, dukungan Kiai Said ke salah satu partai politik. Kami berada di tengah, ingin merangkul semua partai pol itik untuk bersama-sama menciptakan Pemilu yang damai," tegas Muhammad. Terkait pemil ihan waktu pelaksanaan yang bertepatan dengan masa tenang jelang Pemilu, putra sulung dari KH Said Aqil Siroj tersebut menegaskan jika pihaknya juga tidak bermaksud melanggar waktu kampanye.

Polisi... Sambungan dari halaman 1 "Proses masih terus berjalan. Ditlantas akan mengevaluasi kejadian dari olah TKP dan akan dikroscek dengan kondisi teknis kendaraan, keterangan tersangaka dan keterangan saksi ahli kendaraan Mercedez. Dari situ akan mengerucut mengarah pada faktor penyebab kecelakaan," jelasnya. Saat ini ada beberapa spekulasi penyebab kecelakaan maut tersebut. Diantaranya sopir yang tak mengusai medan, kemungkinan rem blong hingga kemampuan teknis rem yang tidak berfungsi secara sempurna. "Jadi kondisi teknis kendaraan apa cukup layak untuk digunakan maksimal karena ini

Provinsi Riau sebanyak 32 kasus, Sumatra Utara 18 kasus, Banten 16 kasus, Sulawesi Utara 14 kasus, dan Jawa Barat 12 kasus. Terkait temuan ICW itu, Wakil Sekjen DPP Partai Golkar Mohammad Ridwan Hisjam menegaskan sikap partainya sangat jelas memerangi praktik politik uang. Pasalnya, pol itik uang itu adalah musuh demokrasi karena demokrasi jelas akan rusak kalau uang menjadi alat transaksi politik. Mengenai adanya temuan ICW di lapangan, Ridwan menilai itu adalah oknum caleg yang kebablasan dalam berkompetisi merebut suara rakyat. "Kalau di lapangan ada caleg Partai Gol kar yang dapati melakukan pol itik uang, itu adalah oknum caleg yang kebablasan. Dan saya kira hal itu juga terjadi di partai lain. Kalau sikap partai jelas memerangi praktek pol itik uang," tegas mantan Ketua DPD Partai Golkar Jatim itu. Politisi Partai Golkar yang maju sebagai caleg dapil malang raya itu mengakui, di lapangan sikap masyarakat belakangan ini juga sudah

sangat pragmatis. Faktor itu juga yang membuat sejumlah caleg akhirnya terjebak dengan pol itik transaksional dengan memberikan sejumlah uang kepada rakyat dengan harapan akan dipilih pada pemilu nanti. Padahal, lanjut Ridwan, belum tentu rakyat yang diberi uang itu akan memil ih yang bersangkutan saat d i bil ik suara. "Caleg yang tidak teruji kualitas dan jam terbangnya sebagai kader partai biasanya menyerah dengan sikap pragmatis calon pemilih yang meminta uang saat kampanye. Padahal tak ada jaminan kalau mereka akan memilih,"tandas mantan anggota DPR RI periode 1999-2004 itu. (mdr) Daftar Parpol Indonesia Corruption Watch (ICW) merilis temuan pemantauan pelanggaran pileg pada April 2014. Pemantauan dilakukan bersama 15 lembaga jaringan antikorupsi di 15 provinsi. Daerah yang dipantau meliputi Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Bengkulu, Banten, Jakarta,

Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTT, NTB, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara. Hasil pemantauan menunjukkan adanya 135 kasus politik uang, terdiri 33 pelanggaran pemberian uang, pemberian barang 66 kasus, dan pemberian jasa sebanyak 14 kasus. Berikut daftar politik uang versi ICW yang dilakukan parpol: 1. Partai Golkar 23 kasus 2. Partai Amanat Nasional (PAN) 19 kasus 3. Partai Demokrat 17 kasus 4. Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) 13 kasus 5. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 12 kasus 6. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 10 kasus 7. Partai Hati Nurani Rakyat sembilan kasus 8. Partai Gerakan Indonesia Raya delapan kasus 9. Partai Bulan Bintang tujuh kasus 10. Partai Nasional Demokrat enam kasus 11. Partai Kebangkitan Bangsa dua kasus 12. Partai Keadilan dan Persatuan Indonedia (PKPI) satu kasus. (mdr/rol/dur)

mungkinan gratifikasi terkait cek tersebut, Samad belum bisa memberikan jawaban pasti. "Untuk sementara belum bisa berandai-andai karena masih didalami," kata dia. Rano sudah pernah menjalani pemeriksaan sebagai saksi dan memberikan keterangan pada penyid ik d i KPK. Ia sempat menjadi saksi untuk Wawan. KPK antara

lain menetapkan Wawan sebagai tersangka kasus dugaan penyuapan penanganan perkara sengketa Pemilukada Lebak d i Mahkamah Konstitusi (MK). Wawan d iduga turut berperan dalam pemberian uang kepada Akil Mochtar, yang kala itu menjabat sebagai Ketua MK. Dalam surat dakwaan Wawan, ternyata bukan hanya terkait

sengketa Pemilukada Lebak. Wawan juga dikaitkan dengan perkara sengketa Pemilukada Banten. Diduga Wawan berperan dalam mengal irkan dana Rp 7,5 mil iar kepada Akil. Dalam surat dakwaan, dana itu dial irkan secara bertahap ke rekening CV Ratu Samagat yang dimil iki istri Akil, Ratu Rita. (nas/rol/dur)

"Kami juga tidak bermaksud memberi wadah untuk partai politik berkampanye, karena kami juga mengerti sudah masuk masa tenang. Justru di masa tenang ini kami ingin mempersatukan kembal i semua partai politik, mengarahkan kepentingan bangsa melalui Pemilu yang aman dan damai jauh lebih penting dari sekedar kepentingan pol itik individu partai," urai Muhammad. Melalui istighosah kebangsaan, pimpinan partai politik peserta Pemilu 2014 juga diajak untuk bersama-sama bermunajat, memohon agar pesta demokrasi bisa berlangsung lancer, aman dan damai, dengan d ilandasi semangat kejujuran serta keadilan. Sebelumnya, ratusan kiai melakukan doa bersama di halaman kantor Pengurus Wilayah Nahd latul Ulama (PWNU) Banten d i Serang, Sabtu (5/4). Kegiatan diseleng-

garakan mendekati pelaksanaan pemilu legislatif 9 April mendatang. Hadir, antara lain KH Hasyim Muzadi, KH Malik Madani, dan sejumlah pejabat dari unsur TNI/Polri dan partai politik peserta pemilu. Tak hanya itu, acara ini juga dihadiri oleh para aktivis NU dari unsur Muslimat NU, Ansor Fatayat NU, IPNU dan IPPNU. Acara istighotsah dan doa bersama tersebut merupakan rangkaian kegiatan Sarasehan Ulama dan Cendekiawan yang diprakarsai oleh KH Hasyim Muzad i. Sejumlah narasumber d ijadwal kan had ir, d iantaranya Ketua DKPP, Jimly Assidiqie, dan Mantan Rektor UI Gumilar Rusl iwa Soemantri. Wakapolda Banten, Joko Irianto, mengatakan, pihaknya berharap semua pihak turut menciptakan suasana kondusif pada pelaksanaan pemilu legislatif dan pemilu presiden

2014. "Mari kita ciptakan suasana damai di Banten pada pelaksanaan pemilu tahun ini," katanya. Usai acara istighotsah, acara dilanjutkan dengan sarasehan ulama dan cendekiawan. Pada sesi, hadir sebagai pembicara mantan Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi dan Katib Aam PBNU KH Malik Madani. Sedang sesi kedua akan menghadirkan narasumber Jimly Assidiqie dan Gumilar Ruslima Soemanteri. Sarasehan ini akan mengupas problem yang dihadapi bangsa Indonesia, terkait persoalan pol itik ekonomi, keagamaan dan hukum. "Acara seperti ini akan digelar keliling daerah. Dengan demikian, para ulama diharapkan tahu kondisi bangsa ini yang sebenarnya," kata Hasyim Muzadi. Sasehan ulama di Banten kali ini adalah kegiatan kel ima, setelah sebelumnya kegiatan yang sama digelar di Depok, Bandung, Semarang, dan Jakarta. (rol/nuo/dur)

kan ketinggian, medan cukup berat. Apabila rem digunakan terus (saat menurun) apakah rem bekerja secara maksimal. Salah satu spekulasi kita itu," pungkasnya.

berjarang sekitar 30 meter. Polisi menutup jalur selama olah TKP sehingga menyebabkan kemacetan di jalur tersebut. Olah TKP dipantau langsung Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Rahmat Hidayat. Kapolres Pasuruan AKBP Ricky Purnama dan Kasat Lantas Polres AKP Tony Prasetyo serta sejumlah perwira Polres Pasuruan juga berada di lokasi. "Terkait penyebab kecelakaan masih terlalu sumir, ada beberapa spekulasi. Dugaan sementara adalah kemampuan tehnis rem yang tak berfungsi secara sempurna dengan medan yang menurun," kata Kapolres Pasuruan AKBP Ricky Purnama di lokasi. Selain itu, ada spekulasi bahwa sopir tidak menguasi medan. "Masih dalam pendalaman. Setelah dari sini kita

akan mel ihat kondisi tehnis kendaraan. Nanti juga akan kita minta keterangan dari saksi ahli dari Mercedez dan keterangan sopir," jelasnya. Seperti diberitakan, HARIAN BANGSA, bus Fawaz Tour bernopol W 7876 UR membawa rombongan SDN Ngampelsari, Candi, Sidoarjo terguling di Jalan Raya Ngembal Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan, Sabtu (5/ 4/2014). Bus tersebut sedianya akan kembali ke Sidoarjo dari wisata Agro Bukit Flora. Sebelum terguling, bus yang disopiri Djarkasih (55), warga Madiun menabrak warung di kanan jalan dan dua motor kemud ian menabrak t iang telepon dan terguling ke arah sisi kanan jalan. Selain menewaskan 4 siswa dan puluhan luka, kondisi bus rusak parah. (yan/jat/det)

Olah TKP Polisi melakukan olah tempat kejad ian perkara (TKP) kecelakaan bus pariwisata Fawaz Tour yang menewaskan 4 siswa SD. Olah TKP yang dilakukan selama 2,5 jam sempat memacetkan jalur menuju kawasan Agrowisata Tutur, Pasuruan, Minggu (6/4/2014). Olah TKP berlangsung sejak pukul 10.00 WIB-12.30 WIB. Sebuah mobil Traffic Accident Analysis (TAA) dikerahkan ke lokasi. Olah TKP memperagakan 14 adegan mulai dari lokasi bus menabrak warung hingga lokasi terguling yang

Goyang... Sambungan dari halaman 1 Nah, untuk menghilangkan kejenuhan akibat menunggu lama tersebut, Syahrini punya resep yang manjur. Jawabannya adalah goyang Morena.

Janji Caleg... Sambungan dari halaman 1 Musim pemilu legislatif begini, para calon pada kampanye dan tidak segan-segan mengeluarkan uang dalam jumlah banyak, entah sedekah atau apa niatnya. Pokoknya, para caleg sedang serba baik, serba tampil shal ih, ramah, perhatian, blusukan, sopan, merasa paling amanah dan berjanji. Penerima uang dumduman dari caleg adalah halal, tapi Tuhan tidak bakalan melihatnya sebagai amal ibadah yang tulus. Bisa jadi apa yang dikehendaki si caleg tercapai, tapi bagi Allah tak ubahnya orang musyrik seperti ditamsilkan pada ayat studi ini; Air sumur yang diharap tak akan sampai di mulut dan dia tetap saja dia kehausan di akhirat nanti. Perlu masyarakat mengerti, bahwa tugas DPR dan tugas pejabat eksekutif (pemerintah) itu beda, beda banget. Tugas DPR itu tiga, yakni : Legislasi (membuat undang-undang), Budgeting (menyetujui/mengesahkan anggaran yang diajukan pemerintah) dan monitoring (mengawasi kinerja pemerintah dalam melaksanakan tugas yang diamanahkan). Sedangkan tugas pemerintah adalah melaksanakan program yang

MUI... Sambungan dari halaman 1 Film "The Raid 2: Berandal" yang sudah seminggu lebih beredar dan dapat dinikmati masyarakat Indonesia d i bioskop-bioskop juga dikritik Komisi Perl indungan Anak Indonesia (KPAI). Anggota Komisi Perl indungan Anak Indonesia (KPAI) bidang Pendidikan, Susanto, menegaskan negara besar seperti Republik Indonesia (RI) harus serius mencegah masuknya peredaran film bernuansa kekerasan, pelanggaran Hak

Nabi Palsu... Sambungan dari halaman 1 Alasan MUI tidak merekomendasikan sanksi lantaran Cecep menyatakan diri bertobat. "Memang sulitnya kita di MUI menghakimi hanya yang kelihatan saja, di permukaan saja, yang di hati kita bisa menghakimi. Cecep sudah menyatakan untuk bertobat," ujar Cholil. Terlepas apakah tobat Cecep tipu-tipu, Cholil menyatakan hal tersebut sudah menjadi urusan Cecep dengan Tuhan. "Sebab, MUI hanya bisa menghakimi apa yang terlihat saja, Tuhan yang menghakimi yang tidak menghakimi yang tidak kelihatan" jelasnya. Chol il menjelaskan, dalam sebuah aliran dalam Agama Islam, memang ada yang menggunakan cara 'taqiyah', yakni berbohong untuk melindungi

Doa... Sambungan dari halaman 1 Wah, ternyata tembakannya meleset dan sang harimau balik mengejar sang pastor. Pastor segera berlari mengambil langkah seribu. Tiba-tiba si pastor berhadapan dengan jurang yang da-


Redaksi HARIAN MADURA Pamekasan: Rizal, Mustopa Sampang: Ahmad Bahri, Junaidi Jufa Sumenep: Taufik Yuspison, Ida Okvinita, Faisal ER Bangkalan: Imam Hambali

SENIN, 7 APRIL 2014

HALAMAN 12

Becaanna Oreng Madhure

Pembesuk RSUD Keleleran

Siswa di Pamekasan mengikuti istighasah menjelang Ujian Nasional April ini. ilustasi

Naskah Soal UN ke Kepulauan Didistribusikan Sumenep – HARIAN MADURA Dinas Pend id ikan (Dispend ik) Sumenep mulai mendistribusikan naskah soal ujian nasional (UN) tingkat SMA sederajat tahun 2014 ke kawasan kepulauan. Pulau Masalembu dan Sapeken menjadi tujuan awal pengiriman. Distribusi naskah UN ke dua pulau itu dilakukan kemarin (6/4) melalui Pelabuhan Kalianget. Kepala Dispend ik Sumenep Ahmad Sadik menjelaskan, distribusi naskah UN di kepulauan dilakukan lebih awal karena menyesuaiakan jadwal kapal. Adapun distribusi ke pulau selain Masalembu dan Sapeken, akan d ilakukan pada 10 April 2014. Di hari itu, akan didistribusikan naskah UN ke Pulau Arjasa, Kangayan, Raas, Nonggunong, dan Gayam. Sadik menuturkan, proses pendistribusian dijemput langsung oleh penyelenggara UN dari Masalembu dan Sapeken ke Mapolres Sumenep. Pengiriman dikawal oleh anggota polres dan pengawas dari perguruan tinggi yang ditunjuk panitia UN. "Pengawalan aparat kepolisian dan pengawas dari perguruan tinggi untuk menghindari kebocoran soal unas," ungkapnya. Sadik menambahkan, adapun pendistribusian untuk kecamatan di daratan, dari Polres ke Polsek direncanakan dikirim pada H-2 UN. Sehari kemudian, naskah UN akan dikirim ke sekolah-sekolah pengelenggara ujian. "Naskah UN SMA sederajat untuk kecamatan daratan masih d iamankan d i Markas Kepol isian Resort (Mapolres) Sumenep," urainya. Untuk diketahui, sesuai jadwal UN untuk SMA dan sederajat dimulai tanggal 14 hingga 16 April 2014. Di Sumenep, jumlah peserta sebanyak 10.230 siswa, terdiri dari 1.753 siswa kepulauan dan 7.124 siswa daratan. (nit/sal)

Banyak pembesuk keleleran di lorong-lorong RSUD Pamekasan karena kurang memadainya fasilitas ruang tunggu. foto: rizal/HARIAN BANGSA

Pamekasan – HARIAN MADURA Fasilitas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Slamet Martodiwirdjo Pamekasan dinilai masih belum memadai. Salah satunya fasilitas ruang tunggu yang minim. Akibanya, banyak pembesuk yang keleleran di loronglorong rumah sakit. Banyaknya pembesuk keluarga pasien yang keleleran d i lorong-lorong rumah sakit membuat pelayanan terganggu. Selain berisik, banyak pembesuk juga sulit ditertibkan. Direktur RSUD Slamet Martodiwirdjo dr Farid Anwar melalui Kasubag Humas dr Saleh mengakui itu. Dia mengatakan, selain fasilitas ruang tunggu minim, peneriban sulit karena kesadaran pembesuk juga minim. “Pihak RSUD sendiri merasa kewalahan. Kami dari managemen sudah memberikan informasi kepada keluarga pasien yang membesuk atau mendampingi pasien agar mengetahui jam besuk, dan tata tertib saat mengujungi pasien. Namun karena kurang sadarnya masyarakat, upaya penertiban sangat sulit dilakukan,” kata Saleh. Sementara itu, Suhartono, salah satu keluarga pasien asal Kecamatan Waru, mengaku terpaksa membawa seluruh keluarganya untuk berkunjung dan memenuhi lorong di dekat ruangan anggota keluarganya dirawat. “Kurangnya ruang tunggu di sini, jadi kami terpaksa beristirahat di lorong rumah sakit,” ujarnya. (pmk1/sal)

Stop Curang dan Konflik Banyak Calon Pemilih di Sampang Belum Terima Undangan Bangkalan – HARIAN MADURA Masa tenang kampanye dimulai kemarin (6/4). Pemilihan anggota legislatif (pileg) sudah diambang mata. Secara teknis, tidak ada informasi tentang kendala berarti pada pelaksanaan pileg di Madura, Rabu 9 April 2014 nanti. Yang masih menjadi kekhawatiran, potensi

curang oleh sebagian oknum caleg dan gesekan antar pendukung yang memicu konflik. Mencegah itu, puluhan mahasiswa di Kabupaten Bangkalan kemarin menggelar deklarasi pemilu damai. Mengatasnamakan Forum Komunikasi Mahasiswa Geger (FKMG), deklarasi digelar dengan mengajak beberapa caleg. “Kami harap dengan deklarasi ini, suasana di Bangkalan, khususnya Kecamatan Geger, bisa tetap aman dan terkendali, baik sebelum, pada hari H, atau sesudah pencoblosan,” kata Moh Syarifudin, ketua panitia. Melalui deklarasi pemilu damai, mahasiswa juga berharap tidak ada pelanggaran yang dilakukan parpol maupun caleg, yang berpotensi menimbulkan konflik antar caleg dan pendukungnya. “Gesekan sekecil apapun dapat menimbulkan konflik komunal pada pemilu," tandasnya. Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Pamekasan Suli Faris menilai potensi kecurangan pada pileg kali ini masih besar, bahkan lebih rawan dari pileg tahun 2009. “Kecurangan itu bisa terjadi di berbagai aspek dengan berbagai modus, baik dari tingkat penyelenggara,

maupun oknum politisi. Sehingga kita semua wajib mengawasinya agar hal itu tidak terjadi,” ungkapnya. Secara teknis, kecurangan itu juga bisa muncul dari penyelenggara pemilu. Suli mencontohkan, dalam DPT yang tidak ada orangnya, karena meninggal dunia atau sedang bekerja di luar negeri, bisa dipakai oleh orang atau pemilih lain yang condong ke partai tertentu. ”Karena itu, panitia dan Panwaslu harus jeli,” terangnya. Di bagian lain, dari Sampang dilaporkan banyak warga yang berhak pemilih hingga kemarin masih belum menerima undangan untuk mencoblos. Itu terdapat di Kecamatan Omben dan Camplong. Habib Yusuf Assegaf, tokoh dan warga Kecamatan Camplong membenarkan itu. Menurutnya, seharusnya warga sudah menerima undangan sejak seminggu lalu. Menanggapi itu, Komisioner KPUD Sampang Hernandi Kusuma Hadi membantah. KPU, lanjut dia, sudah mendistribusikan undangan ke semua PPS melalui PPK di Sampang. Jika kemudian belum sampai ke warga, pasti PPS masih memprosesnya. “Jika H-1 masyarakat belum mendapatkan undangan, bisa melapor ke PPS setempat,” jelasnya. (mam/pmk-1/jun/sal)

Edisi 07 04 14