Issuu on Google+

“Wahai anakku, duduklah bersama para ulama, dan dekatilah mereka dengan kedua lututmu (bergaul dengan mereka). Sesungguhnya Allah akan menghidupkan hati dengan hikmah, sebagaimana menghidupkan bumi yang kering dengan siraman hujan." (Al-Madkhal ilas Sunanil Kubro)

AHAD

Untuk Surabaya & Sekitarnya SUBUH

DZUHUR

ASHAR

MAGHRIB

ASYA’

04.17

11.36

14.51

17.38

18.48

Redaksi/Pemasaran/Iklan: Gedung Jawa Pos Lt 3 Jl. Karah Agung 45 Surabaya Telepon: (031) 8271624, 8270967, 8270961, 8271667, Fax: 031 8270967

27 JUMADIL AKHIR 1435 H 27 APRIL 2014

HARGA ECERAN Rp. 3.500,-

Koran Warga NU

Soal UN SMP

Tidak Marah, Jika Batal Dicapreskan

Diduga Bocor

BAKAL calon presiden dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Rhoma Irama menyatakan tidak akan marah jika ternyata batal dicalonkan oleh PKB sebagai capres. Bintang film 'Satria Bergitar' tersebut mengatakan, tujuan hidupnya adalah berjuang untuk kebaikan bangsa. Perjuangan itu, menurut dia, bisa di dalam sistem ataupun di luar sistem, baik sebagai birokrat ataupun seniman. Rhoma Irama "Selama ini yang saya utarakan, saya nothing to lose. Saya tidak mencapreskan, tapi dicapreskan. Saya tidak keluar dana kampanye yang begitu besar," ujar Rhoma. Dia menambahkan, kalaupun nantinya dirinya batal dimajukan capres oleh PKB, paling tidak dia sudah membantu perolehan suara PKB yang meningkat cukup signifikan. "Saya tidak marah, tidak sakit hati, tidak dendam. Karena tidak ada perbuatan sia-sia. Paling tidak, saya telah berikan kontribusi bagi caleg untuk duduk di DPR dan DPRD," tegasnya.

Terendus Polisi, Kunci Jawaban Siap Diedarkan Din Syamsuddin kemarin berbicara pada Workshop Astrofotografi di Surabaya, (Sabtu, 26/4).

 Bersambung ke Hal. 11

Poros Islam Sulit Terwujud Din Akui Banyak Kendala

Hadi Poernomo

Rumah Hadi Poernomo Dipenuhi Mobil Mewah Jakarta-HARIAN BANGSA Kendati Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan mantan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Hadi Poernomo, sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pajak, tak berarti koleganya menjauh. Mantan Ketua Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK), Hadi Poernomo ramai di kunjungi para tamunya. Diduga ada belasan tamu yang mengunjungi mantan Dirjen Pajak ini sejak pagi. Pantauan di kediaman Hadi Poernomo yang terletak di Jalan Iskandarsyah No 18, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan terlihat lalu lalang mobil yang keluar masuk ke dalam rumahnya. Sekitar empat mobil yang datang ke dalam kediaman Hadi.

 Bersambung ke Hal. 11

Sholawatan Dinginkan Panasnya Suhu Politik RAIS Aam Jam’iyyah Ahlith Thariqah AlMu'tabarah An-Nahdliyyah (Jatman) Maulana Habib Muhammad Lut hfi bin Yahya Pekalongan memandang sholawat bisa mendinginkan suhu pol it ik Indonesia yang mulai memanas. Menurut Habib Luthfi, tetesan shalawat membuat bumi subur. Bumi yang subur dalam artian tidak ada gejolak apaHabib Luthfi pun. “Daerah yang mudah tawuran, jadi kondusif. Gunung batukbatuk tidak lagi meletus,” katanya saat ceramah pada Brebes Bersholawat d i Kelurahan Pasarbatang Brebes. Ibarat mobil, kata Habib Luthfi, harus ada pendingin yang berfungsi untuk menstabilkan kondisi mesin. Maka dalam segala suasana dan acara apapun harus digalakan sholawatan. Di dalam jamaah sholawat ada tali silaturahmi.

 Bersambung ke Hal. 11

Sorga dan Polisi KETIKA menanggapi aksi jihad yang dilakukan oleh banyak warga muslim yang percaya kematiannya akan menjamin tempat di surga, Gus Dur malah kembali melemparkan leluconnya. “Gus, betulkah para pengebom itu mati syahid dan bertemu bidadari di surga?” tanya seorang wartawan kepada Gus Dur. Gus Dur pun menjawab, “Memangnya sudah ada yang membuktikan?”

Bersambung ke Hal.11

Surabaya-HARIAN BANGSA Ketua Umum MUI, Din Syamsuddin menegaskan bahwa Poros Islam sulit terwujud, meski sejumlah ormas Islam mendukung adanya poros tersendiri melalui koalisi parpol-parpol berbasis Islam. "Itu sudah mendapat dukungan ormas Islam, tapi banyak kendala untuk mengajak koalisi para pimpinan parpol Islam itu dan per hari ini semakin jauh dari kemungkinan," katanya setelah berbicara pada Workshop Astrofotografi di Surabaya, Sabtu (26/4). Menurut dia, aspirasi dan usulan Poros Islam itu sudah mendapat dukungan 30-an ormas Islam dalam forum Ukhuwah Islamiyah yang digelar di MUI (21/4), namun pertemuan lanjutan yang melibatkan sejumlah perwakilan parpol Islam tidak menemukan titik temu untuk koalisi.

"Parpol Islam belum datang semua, terutama petingginya. Ada yang mengutus orang kedua, sehingga tidak bisa mengambil keputusan. Tapi ada kendala lain, yakni di antara parpol Islam itu ada juga yang mempunyai kepentingan mau berkoal isi, asal kan ketua umumnya jad i capres atau cawapres," katanya. Din yang juga Ketua Umum PP Muhammadiyah itu menyatakan, meski tidak ada Poros Islam, tapi pihaknya dan sejumlah ormas Islam tetap meminta agar parpol Islam dan parpol berbasis massa Islam seperti PPP, PKS, PAN, PKB dan PBB bersatu. "Artinya, akumulasi perolehan suara mereka hampir 32 persen. Itu lebih besar dari partai manapun. Pakailah 32 persen ini sebagai modal, tapi tidak menutup kemungkinan mengajak partai lain. Kan sangat fair aspirasi ini. Bersatu demi kepentingan umat kan lebih baik," katanya.

 Bersambung ke Hal. 11

Kombes Pol Setija Junianta Surabaya – HARIAN BANGSA Belum selesai pengusutan bocornya kunci jawaban Ujian Nasional (UN) tingkat SMA, aparat kepolisian kembali mengendus dugaan bocornya naskah soal UN untuk tingkat SMP, yang akan digelar 5-8 Mei 2014 mendatang. Ditemukan pula bocoran kunci jawaban siap edar di kalangan siswa peserta UN SMP di Surabaya. Bocornya naskah dan kunci jawaban UN SMP tersebut tercium aparat Polrestabes Surabaya beberapa waktu lalu. ”Petugas mendapat informasi, pengaduan dan beberapa kesaksian dari orangtua murid dan sejumlah pihak. Ada indikasi peredaran kunci jawaban untuk Ujian Nasional SMP,” kata Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Setija Junianta, usai meresmikan Masjid Al-Rahman Polsek Wonokromo Surabaya, Sabtu (26/4). Dia menjelaskan, peredaran kunci jawaban UN SMP yang bocor berhasil digagalkan karena keburu terendus anak buahnya. Modus peredarannya, lanjut Setija, sama dengan bocornya naskah soal dan kunci jawaban UN SMA beberapa waktu lalu. Yakni diedarkan melalui email dengan server tertentu.

 Bersambung ke Hal. 11

Pelaku Sering Nunggu di Toilet

Ashilla Zahrantiara

Polisi Tetapkan Lima Tersangka Kasus JIS Jakarta-HARIAN BANGSA Toilet anggrek di Jakarta International School (JIS) dijadikan salah satu tempat para pelaku melakukan tindak pelecehan seksual terhadap AK. Kepolisian terus menyelidiki satu pelaku lainnya. Lima pelaku sudah ditetapkan sebagai tersangka. Empat pria melakukan pelecehan seksual terhadap AK, sementara satu perempuan membantu agar tindak kejahatan tersebut terlaksana.

ZA salah satu pelaku memang kerap menunggu korban ketika ingin melakukan pelecehan seksual. "ZA sudah menunggu di dalam toilet lalu menyergap korban," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Rikwanto, Sabtu (26/4). Kasus ini terus berkembang untuk mencari korban lainnya. Dari keterangan pelaku, ada korban lain yang dilecehkan seksual oleh mereka.  Bersambung ke Hal. 11

Bicara Sosok Pacar Idaman CANTIK, jago akting dan juga bernyanyi. Demikianlah sosok, Ashilla Zahrantiara. Melihat itu, sudah pasti banyak pria yang mendekati bintang sinetron 'ABG Jadi Manten' tersebut. Lantas, sudahkah ia memiliki kekasih? Ashilla di lokasi syuting sinetron 'ABG Jadi Manten', di daerah Jagakarsa, Jakarta Selatan,

Para tersangka pelecehan seks di JIS.

Matt ‘Pembajak’ Ingin Temui Istri

 Bersambung ke Hal. 11

Kini Jalani Perawatan di RS Polri Denpasar- HARIAN BANGSA Ulah nekat Matt Christoper menggedor-gedor pintu kokpit pesawat Virgin Australia (VA041) dari Brisbane menuju Denpasar, Bal i, lantaran kalut menghadapi masalah keluarga. Maat mengaku kehilangan kontak dengan istrinya. Kabid Humas Polda Bal i, Hery Wianto, menjelaskan, sudah tiga minggu pria asal Australia itu putus kontak dengan istrinya yang berada d i Bal i. "Kedatangannya ke Bal i mencari istrinya," kata Hery saat dihubungi, Sabtu (26/4/2014).

 Bersambung ke Hal. 11

Matt Christoper

Serka (purn) Asmujiono Dapat Penghargaan MURI

Yang Pertama Teriakkan Takbir di Puncak Everest Nama Serka Purnawirawan Asmujiono diklaim sebagai orang pertama yang meneriakkan kalimat takbir di puncak tertinggi di dunia. Atas prestasinya yang sukses mengibarkan bendera merah putih di Puncak Mount Everest pada 17 tahun lalu, Serka (purn) Asmujiono mendapat penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI). MANTAN antan anggota Kopassus ini merupakan satu dari sedikit pendaki yang berhasil menginjakkan kakinya di gunung tertinggi di dunia itu. Asmujiono adalah anggota Tim Nasional Ekspedisi Everest yang diprakarsai oleh Danjen Kopassus (waktu itu), Mayjen TNI Prabowo Subianto. Pada saat ada pendaftaran ekspedisi Everest, Mujiono turut mendaftar, lalu

diseleksi dan akhirnya lolos menjadi satu diantara anggota tim pendakian tersebut. "Saya bangga dan terharu. Ini wujud perjuangan dari teman-teman pecinta alam seIndonesia,” kata Asmujiono di Hotel Kartika Candra, Jakarta Selatan, Sabtu (26/4/2014). Tak bisa dipungkiri, sambungnya, bahwa ini adalah ide dan gagasan dari pak Prabowo. Mujiono menuturkan, penghargaan rekor MURI ini bukan hanya menjadi miliknya pribadi. Melainkan milik seluruh anggota Tim Ekspedisi Nasional Everest serta menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia. "Saya ingin sampaikan penghargaan ini bukan milik pribadi saya. Saya pun ingin tekankan bahwa semua perjuangan jika dilakukan dengan ikhlas, dan penuh semangat akan tercapai," ucapnya.

Puncak Mount Everes

 Bersambung ke Hal. 11


HARIAN BANGSA AHAD, 27 APRIL 2014

Indonesia Pelopor Gerakan Buruh di Asia

2

Wapres RI Tinjau Terminal Teluk Lamong

SURABAYA – Kaum buruh di Indonesia menjadi pelopor gerakan perburuhan di Asia. Dalam catatan sejarah disebutkan, gerakan perburuhan di Indonesia menggaung sejak tahun 1918. Di tahun tersebut, para buruh Indonesia pertama kali memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day. Demikian catatan disampaikan oleh Idris Ismail, Ketua DPW Serikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) Suasana refleksi May Day di Nahdlatul Ulama Jawa UINSA. foto:nur faishal/HARIAN BANGSA Timur, dalam acara refleksi May Day, "Kemerdekaan bagi Buruh tetap dalam Koridornya dan Ikut Menjaga Stabilitas Keamanan", yang dilaksanakan Gerakan Mahasiswa Satu Bangsa (Gemasaba) Jatim di UIN Sunan Ampel Surabaya, Jumat (25/4). Idris menjelaskan, gerakan buruh bermula ketika terjadi diskriminasi pembayaran upah dan waktu kerja di Eropa ratusan tahun silam. Pada tahun 1800an, jelas d ia, industru d i Eropa mulai tumbuh dan berkembang. Pertumbuhan industri ini ditunjang dengan pengerahan pekerja yang dipaksa bekerja 12-16 jam dalam sehari. Itu juga terjadi di Amerika. "Tapi kondisi ini tidak ditunjang dengan upah yang layak, sehingga kaum buruh mengalami penderitaan," kata Idris. Penderitaan yang dialami ini kemudian memunculkan gerakan perlawanan buruh di Eropa dan Amerika. (sal/ros)

Progres Pembangunan Pasar Turi belum Jelas Komunikasi Pemkot Dinilai Buruk SURABAYA - Berlarut-larutnya pembangunan Pasar Turi mendapat reaksi Anggota DPRD Surabaya. Ketua DPRD Surabaya, M Machmud menilai, kondisi tersebut terjadi lantaran buruknya komunikasi antara Pemerintah Kota dengan investor serta para pedagang. “Masalah pasar turi mestinya persoalannya apa investor dan pedagang diajak bicara,” terangnya Menurutnya, sesuai jadwal pembangunan Pasar Turi semestinya selesai beberapa bulan lalu. Tapi kenyataannya hingga kini belum juga tuntas. “Jika persoalannya pada investor ya harus ditegur,” terangnya. Namun sebaliknya, apabila persoalan yang dihadapi investor sehingga mengalami keterlambatan dalam menyelesaikan pembangunan pasar turi bisa diterima, para pedagang harus memakluminya. “Kalau alasannya masuk akal, ya harus dimaklumi,” katanya Dalam persoalan pembangunan Pasar Turi, kalangan dewan tidak mengetahui persis masalah yang terjadi. Pasalnya, menurut Mahmud, pihaknya tidak pernah diajak bicara oleh pemerintah kota. Padahal, sebagai partner semestinya dewan diajak komunikasi. “Kalau ada masalah pedagang ke sini (DPRD), sementara kita gak tau masalahnya karena gak pernah diajak bicara,” katanya. Sementara terkait denda yang harus dibayar para pedagang akibat keterlambatan dalam pelunasan kepemilikan stan di pasar turi. Mahmud mengatakan hal itu tergantung pada komitmen yang terjadi antara dua pihak. “Semua pihak harus mentaati komietmen yang dibuat sebelumnya, jika dilanggar sanksinya apa,” katanya. Ketua DPRD Surabaya berharap permasalahan Pasar Turi segera tuntas, agar para pedagang bisa segera menempati stan-stannya dna berdagang seperti sediakala. (lan/ros)

Wajah 3D, Tetap Ngetren SURABAYA-Wajah menjadi lebih cantik dilihat dari banyak sisi. Istilah kecantikannya, wajah tiga dimensi (3D). “Tahun ini, sepertinya tren wajah 3D ini masih akan terus ada. Seminggu ada sekitar 5-7 perempuan yang memermak wajahnya agar menjadi cantik tiga dimensi. Tren di Surabaya dimulai se-tahunan lalu,” ujar dokter kecantikan Elita di sela acara Ladies Day, kemarin (26/4). Ditanya siapa saja Proses filler untuk membentuk yang mulai memer- wajah 3 D. foto:nisa/HARIAN BANGSA mak wajahnya menjadi 3D ini, dokter Elita menyebut mulai ibu-ibu muda dari kalangan menengah atas seperti sosialita. Maklum, biayanya cukup mahal. Untuk filler hidung dan dagu, perkiraan biayanya Rp 7 jutaan.(nis/ros)

Surabaya - HARIAN BANGSA Wakil Presiden RI Boediono meninjau Terminal Teluk Lamong Pelabuhan Tanjung Perak, Sabtu (26/4). Kunjungan kerja tersebut didampingi Istri Wapres RI Ny Herawati Boediono, Sekdaprov Jatim Dr H Akhmad Sukardi, MM, Wakil Menteri Perhubungan RI Bambang Susantono, Dirut PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Djarwo Surjanto. Di Terminal Teluk Lamong itu, Wapres mendapatkan paparan dari Dirut PT Pelindo III mengenai pembangunan terminal disertai tanya jawab antara Wapres dengan Dirut PT Pelindo III. Dalam kunjungannya, ia meminta kepada PT Pelindo III menyiapkan jalur kereta api di Terminal Teluk Lamong, agar mengurangi penumpukan angkutan barang yang terjadi di jalan raya. “Saya kira akses jangan hanya mengandalkan jalan raya tapi juga harus ada jalur kereta api tujuannya untuk mengurangi beban angkutan lalu lintas jalan raya,” kata Wapres RI. Ia menyarankan, sebaiknya PT. Pelindo III dalam membangun pelabuhan itu juga menyediakan jalur kereta api yang bisa d igunakan untuk mengangkut peti kemas dan jangan terlalu mengandal kan truk peti kemas. Karena sudah ada jalur ganda (Double track), menurutnya, ada baiknya fasilitas yang ada tersebut bisa digunakan untuk disambungkan ke Terminal Teluk Lamong ini. Selain akan mampu mengurangi beban arus lalu lintas, penggu-

Sekdaprov Jatim Dr H Akhmad Sukardi, Dirut PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Djarwo Surjanto, dan Wakil Presiden RI Boediono saat melihat maket Terminal Teluk Lamong Pelabuhan Tanjung Perak. Foto:humas sekdaprov/HARIAN BANGSA naan kereta api tentunya bisa juga meningkatkan efisiensi biaya angkutan barang. Mengenai perkembangan pembangunan Terminal Teluk Lamong itu, Wapres RI mengatakan terus mengikuti dan memonitor perkembangannya. Pembangunan ini menjadi kunci untuk menguraikan simpulsimpul yang menimbul kan biaya tinggi seperti biaya logistik (logistic cost). Wapres juga mendesak percepatan pemindahan pipa eks kodeco dari alur pelayaran barat Surabaya. “Pipa Kodeco

ini bisa digeser dengan waktu yang sesuai sasaran. Kita dengar tadi kalau ada masalah nanti akan kita bantu,” ujarnya. Sekdaprov Jatim menyampaikan, adanya terminal teluk lamong ini dapat semakin meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Jatim, sekaligus mengantisipasi kelebihan kapasitas (over capacity) yang terdapat di Pelabuhan Tanjung Perak. Menanggapi saran dari Wapres RI, Dirut PT Pelindo III Djarwo Surjanto mengatakan, pihak PT, Pelindo III siap membangun jalur kereta api jika me-

mang saran transportasi itu diminta oleh pemerintah. “Di dekat pelabuhan sudah ada stasiun Kandangan dan kalau memang diinginkan akan kita hubungkan ke pelabuhan,” jelasnya. Ia mengharapkan, tahun ini sudah bisa dimulai pembangunan jalur kereta api yang menghubungkan pelabuhan ke Stasiun Kandangan. Djarwo juga menjelaskan, beberapa kendala yang saat ini dihadapi pembangunan Terminal Teluk Lamong. Salah satunya yakni masih melintangnya pipa eks Kodeco. Padahal dengan

masih adanya pipa kodeco di alur pelayaran barat Surabaya (APBS) dipastikan akan mengganggu pelayaran menuju dan keluar dari Surabaya. Selain pipa kodeco, saat ini PT Pelindo III juga dalam proses memperdalam dan memperluas APBS. Saat ini APBS hanya memiliki kedalaman 9,5 meter di bawah permukaan laut dan memil iki lebar 100 meter. “Pendalaman alur ini sekarang sudah kami mulai dan awal 2015, kita akan punya alur baru yang lebih lebar dan lebih dalam,” kata Djarwo. (nis/pel/ros)

10 Jaksa Diadukan Nakal Surabaya – HARIAN BANGSA Masyarakat kian berperan aktif dalam mengawasi prilaku para penegak hukum d i korps adhyaksa. Buktinya, selama tiga bulan terakhir tahun 2014, bagian pengawasan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur sudah menerima 10 aduan dugaan ketidakprofesionalan jaksa dalam menangani perkara. Hal itu diakui Asisten Pengawasan Kejati Jatim Arif. Dia menjelaskan, 10 aduan jaksa

’nakal’ itu berasal dari beberapa daerah di Jawa Timur. ”Tiga aduan melaporkan perilaku jaksa di Surabaya, jaksa di Kejari Surabaya dan Kejari Perak,” katanya dikonfirmasi kemarin (26/4). Pria asal Bima, Nusa Tenggara Timur (NTT), itu menambahkan, macam-macam dugaan pelanggaran jaksa diadukan masyarakat. Mayoritas terkait ketidakprofesionalan jaksa dalam menangani perkara. ”Ada saksi mengadu ka-

rena tidak mau jadi saksi. Ini repot. Kalau diminta jadi saksi kan harus mau, ” ujarnya. ”Kalau jaksa suap belum ada aduan,” tambahnya. Arif mengatakan, semua aduan tersebut sudah ditindaklanjuti oleh bagian pengawasan Kejati. Ada yang sudah final dan ada yang masih proses klarifikasi. Namun, lanjut dia, sejauh ini belum ditemukan dugaan terjadinya pelanggaran dari laporan yang disampaikan ma-

syarakat atau pihak beperkara. Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejati Romy Arizyanto menuturkan, ada beberapa sebab tren jumlah aduan jaksa nakal lumayan banyak. Salah satunya ketidakpuasan pihak beperkara karena merasa diperlakukan tidak adil dan menyangka jaksa tidak profesional. ”Aduannya tetap akan ditindaklanjuti dan perlu dibuktikan,” tandasnya. Perlu diketahui, setiap tahun

Kejati Jatim memang kerap menerima aduan adanya jaksa nakal. Setiap tahun pula Kejati merekomendasikan sanksi terhadap jaksa yang terbukti melanggar dan dikabulkan Kejagung. Tahun 2013 lalu, misalnya, ada empat jaksa, tiga jaksa dari Kejari Malang dan satu jaksa dari Kejari Mojokerto, yang sudah disanksi tundak kenaikan pangkat dan gaji karena terbukti tidak profesional dalam menangani perkara. (sal/ros)

Dewan Optimis Selesaikan Pembahasan LKPj Walikota Meski Sebagian Besar Anggota Keok di Pileg Surabaya-HARIAN BANGSA Meski banyak yang tidak terpilih kembali sebagai legislatif, namun beberapa anggota DPRD Surabaya masih optimis bisa menyelesaikan tugas pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Walikota Surabaya tahun 2013. Sekretaris Pansus LKPJ Walikota, Baktiono mengungkapkan, sejumlah anggota Komisi D yang terlibat dalam Pansus masih

semangat dan tanggung jawab untuk menyelesaikan tugasnya. “Jika beberapa ( yang tak tak aktif) hal itu wajar. Tapi mayoritas menunaikan tugasnya sampai akhir,” terangnya, Sabtu (26/4). Baktiono mengatakan, tugas pansus LKPJ Walikota antara lain adalah mengevaluasi kinerja pemerintah kota, laporan keuangan, serapan anggran dan out put yang dihasilkan dari program pembangunan yang

direncanakan. “Semuanya akan kita bahas, mulai laporan keuangan, kinerja dan hasilnya seperti apa,” tegas angota Fraksi PDIP. Untuk menyelesaikan pembahasan LKPJ Walikota, Pansus DPRD Surabaya diberi batas waktu selama satu bulan. Namun demikian, Baktiono menargetkan tidak sampai satu bulan pembahasan akan selesai. “Sekitar 20 hari kita harapkan tuntas,” harapnya. Target penyelesaian secepatnya pembahasan LKPJ Walikota didorong oleh penyelesaian

Raperda pelayanan kesehatan. Ketua Komisi D ini berharap, raperda yang merupakan inisiatif komisi D itu bisa segera diimplementasikan dan bermanfaat bagi masyarakat. “Target kami Raperda pelayanan kesehatan bisa diterapkan, sehingga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang mudah, dan petugas dalam melayani tidak disibukkan dengan persoalan nadministrasi,” katanya. Baktionno mengatakan, dalam pembahasan Raperda LKPJ Walikota, Pansus DPRD Surabaya akan mendatangkan be-

berapa kalangan akademisi. “Kita nanti akan meminta pendapat para ahli untuk menganalisa LKPJ,” tuturnya. Menurut Anggota Fraksi PDIP ini jika dalam evaluasi ditemukan penyimpangan hukum, pihaknya menyerahkan pada aparat penegak hukum. Ia mencontohkan, salah satu bentuk penyimpangan yangpernahdilakukanpemerintah kota pada M-PAK (Mendahului Perubahan Anggaran Keuangan) tahun 2011 yaitu pembelian 28 unit kendaraan jenis Panther dan Pajero untuk operasional muspida kota Surabaya. (lan/ros)

Astrofotografi Bikin NU dan Muhammadiyah Bisa Lebaran Bareng Surabaya-HARIAN BANGSA Seringnya perbedaan penentuan awal puasa Ramadan dan awal Syawal membuat penulis buku Jangan Asal Ikut-ikutan Hisab & Rukyat Agus Mustofa terobesi menyelesaikan kontroversi penetapan awal Ramadan dan Idul Fitri yang beberapa tahun terakhir bertambah rumit di Indonesia. Misi workshop ini, adalah memberikan solusi bagi kontroversi hisab dan rukyat. Ia menawarkan sebuah teknik untuk memantau bulan baru penentu Ramadan dan Syawal menggunakan teknik astrofotografi. "Teknik astrofotografi ini bisa d iadaptasi menjadi teknik rukyat dan menjadi jalan tengah antara hisab dan rukyat yang kerap kali berbeda. Cara ini akan

menjadi cara yang lebih berkualitas dalam merukyat bulan sabit awal Ramadan atau syawal. Sekaligus, menjadi pembuktian bahwa hasil hisab akan sama dengan hasil rukyat atau sebaliknya hasil rukyat akan sama dengan hasil hisab," urai Agus, saat menjad i pembicara pembukaan Workshop dan Festival Astrofotografi di JX International, kemarin (26/4). Sarjana Teknik Nuklir ini menyebut metode penyatuan hisab dan rukyat ini dengan nama Rukyat Qobla Ghurub. Tekniknya merukyat hilal sebelum maghrib. Dengan begitu pembuktian hadirnya bulan sabit awal Ramadan ataupun syawal tak perlu menunggu saat matahari tenggelam alias maghrib. "Jadi bisa dilakukan siang hari ataupun pagi. Se-

Pemimpin Umum: M Mas’ud Adnan Pemimpin Redaksi: Abdurrahman Ubaidah Redaktur Pelaksana: Nur Syaifudin Redaktur: Nur Syaifudin, Rosihan Choirul Anwar, Nur Faishal, Musta’in

Suasana workshop dan festival Astrofotografi yang dipandu presenter TVOne Indi Rahmawati. foto:nisa/HARIAN BANGSA bagaimana tahun ini, pergantian bulan Hijriyah dari Sya'ban ke Ramadan akan terjadi pada 27 Juni 2014 pukul 15.09 wib," papar dia. Terkait teknik astrofotografi, Agus mengatakan, itu merupakan metode

milik pakar astrofotografi asal Perancis, Thierry Legault. Thierry merupakan insinyur yang menjad i konsultan pesawat Boeing, Airbus dan Aerospace. Ia memiliki karya-karya hebat dalam hal memotret benda-

Staf Redaksi: Rochmatun Nisa, Maulana, Rusmiyanto, M. Didi Rosadi, M Hayan Dewan Redaksi: H Abdul Wahid Asa, M Mas’ud Adnan, Abdurrahman Ubaidah Koordinator Liputan: Rosihan Choirul Anwar Sidoarjo: Daryanto Mojokerto: Ahmad Gunadi, Rochmad Saiful Aris, Yudi Eko Purnomo Jombang: Adi Susanto Gresik: M Syuhud Almanfaluty, M. Shofi’i Lamongan: Haris Sugianto, Azharil Farih Tuban : Suwandi Bojonegoro: Nur Hadi Sampang: Ahmad Bahri Pamekasan: Rizal Pasuruan: Bambang Darma Widjatmoko, Sulistyawan Bondowoso: Sugiyanto Situbondo: Hadi Prayitno Jember: Yudhi Indrawan Probolinggo: Andi Sirajuddin Lumajang: Imron Ghozali Blitar: Try Susanto Kediri: Arif Kurniawan Nganjuk: Bambang DJ Madiun: S Setyawan Dhani Magetan: Nanang Ari Purnomo Tulungagung: Agus Dwi Cahyono Iklan: Yuni, Kemal Rizal, Doni Sujito Pemasaran/Sirkulasi: Kemal Rizal, Nur Ali Pracetak: M Dikman (Kepala), Althof, Haksni, Aulia Rachman, Robby Yanto.

benda langit dan kerap dijadikan rujukan berbagai med ia massa nasional. "Maret lalu saya ke Perancis bertemu Thierry. Dia memil iki peralatan astrofotografi yang luar biasa. Saya sempat bertanya kepada dia, apakah alat-alatnya ini bisa untuk memotret bulan untuk menentukan awal Ramadan dan Syawal, dia bilang bisa," ujar Agus, yang kemarin didampingi Thierry Legault, pakar astronomi dan ilmu falak Indonesia Mahasena Putra dan Ketua PP Muhammdiyah Din Syamsudin. Dengan metode ini pula, lanjutnya, tim astrofotografi sudah bisa memotret dan merekam secara video posisi bulan sebelum ijtimak dan sesudahnya di waktu Ashar. Saat-saat peralihan dari Sya'ban ke Ramadan akan dipotret dan

direkam secara video selama 2-3 jam. Sementara itu, petugas rukyat pemerintah masih akan menunggu saatsaat maghrib, dimana hampir bisa dipastikan bulan sabit atau hilal tidak akan terlihat di tahun ini disebabkan ukurannya yang masih sangat tipis. Yakni hanya 0,5 derajat saja. Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsudin menyiratkan setuju dengan metode ini. "Perbedaan hisab dan rukyat, bisa diatasi dengan teknologi. Saya optimis sekali metode ini bisa menyatukan umat. Dan saya harap perbedaan seperti ini tak perlu dibesar-besarkan karena sudah sejak tahun 30an perbedaan semacam ini sudah ada. Jumlah rakaat Tarawih, qunut kan juga berbeda," ujar Din. (nis/ros)

Komisaris: Ali Maschan Moesa, Masyhudi Muhtar, H Muid Direktur Utama: Juniarno D Purwanto Direktur: M Mas’ud Adnan, H Abdul Wahid Asa. Pemimpin Perusahaan: M Dikman Alamat Redaksi/Pemasaran/Iklan: Gedung Jawa Pos lantai 3 Jl Karah Agung 45 Surabaya, Telp: (031) 8271624, 8270961, 8271667, Fax: 031 8270967, Website: www.bangsaonline.com Email:bangsa2000@yahoo.com, harianbangsa@gmail.com Tarif Iklan: Display colour Rp. 45.000/mmk, Display BW: Rp. 25.000/mmk, Iklan spot 2 warna: Rp. 35.000/mmk, Sosial/Duka Cita: Rp. 10.000/mmk, Iklan Baris Rp. 10.000/baris Harga Langganan: Rp. 80.000/bulan, Harga Eceran (Pulau Jawa): Rp. 3.500/eks. Luar Jawa: plus ongkos kirim. Perwakilan Jakarta: Jl. Kebayoran Lama 12 Jakarta Selatan. Percetakan: PT Temprina Jawa Pos . No. Rekening: BRI 041201000321308 a/n PT DUTA BANGSA INTERMEDIA PERS.


3

HARIAN BANGSA

AHAD, 27 APRIL 2014

Mega Diminta Kaji Duet Jokowi-JK Jakarta-HARIAN BANGSA Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri diminta kembali menganalisa soal kemungkinan menduetkan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo dengan Jusuf Kalla. Hal tersebut, diutarakan Duta Besar Indonesia untuk Republ ik Ceko, Salim Jusuf Kalla Said, dalam siaran pers, Sabtu (26/4). Salim yang juga pengamat militer ini meminta Mega untuk menelaah kembali ketika Jusuf Kalla berduet dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. "Ibu Mega, cari tahu mengapa pasangan SBY-JK pecah. Kongsi sehingga JK "terpaksa" digantikan oleh Prof Budiono pada masa jabatan kedua SBY," ujar dia. Menurut dia, adanya perpecahan tersebut lantaran Jusuf Kal la tidak cocok menjad i orang kedua pemimpin Indonesia. Hal tersebutlah, sambung dia, yang mesti diwanti-wanti Megawati. "Jabatan Wapres untuk JK terlalu kecil. JK sebenarnya lebih pantas menjadi Presiden. Tapi buat sementara, mungkin jabatan Presiden masih terlalu besar untuk politikus dari Makassar tersebut. Saya menghimbau Ibu Mega, Joko Widodo dan teman-teman pemimpin PDIP lainnya agar sedapat mungkin memanfaatkan hasil pengamatan saya ini. Jangan sampai terulang "tragedi" yang dulu menimpa hubungan SBY-JK pada hubungan Jokowi-JK kelak, jika Ibu Mega dan Jokowi sepakat memilih JK," kata dia.(akt/lan)

Debat Konvensi Capres Demokrat Dilanjutkan JAKARTA-Partai Demokrat kembali menggelar debat peserta Konvensi Capres, di Hotel Grand Sahid, Minggu (27/4). Sekretaris Komite Konvensi Partai Demokrat Suaedy Marasebessy mengatakan, pihaknya menyelenggarakan debat bernegara peserta konvensi yang kesepuluh kalinya. Debat sempat tertunda sejak selesai dari Ambon pada 11 Maret 2014 lalu. Dia menjelaskan, penyelenggaraan konvensi ini berlangsung dalam tiga tahap yakni prakonvensi, konvensi, penentuan pemenang. Kemud ian, konvensi untuk pra-konvensi sudah berlangsung sesuai jadwal dan berakhir setelah para peserta deklarasi tanggal 15 September 2013. Setelah itu, tahap kedua kegiatan berhubungan dengan sosialisasi peserta ke masyarakat umum. Beberapa metode telah dilakukan, kemudian roadshow ke beberapa kota besar diantaranya Medan, Palembang, Bandung, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, Bogor, Makassar, Ambon. Menurut dia, sedianya waktu itu akan ada Semarang dan Banjarmasin. Atas kebijaksanaan majelis tinggi partai dan berkenaan dengan pemilu legislatif, maka debat di dua kota ini waktu itu dikatakan ditunda setelah pileg berlangsung. "Kemudian diputusakan majelis tinggi satu lagi dilaksanakan di Jakarta sebagai debat bernegara terakhir," kata Suaedy, Sabtu (26/4). Dia menambahkan, pelaksanaan debat secara umum sama dengan yang dilakukan di kota lain sebelumnya. (jat/lan)

Koalisi Gerindra-PKS Tunggu Waktu

PKB Jawara di Jatim Disusul PDIP dan Gerindra Surabaya-HARIAN BANGSA Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berhasil menjad i partai pol it ik pemenang Pemilihan Umum Legislatif di Provinsi Jawa Timur setelah meraih suara sebanyak 19,6 persen atau setara dengan 3.671.911 suara berdasarkan rekapitulasi kabupaten/kota. Sekretaris DPW PKB Jawa Timur Thoriqul Haq mengaku belum berani meyakini hasil tersebut 100 persen dan memilih menunggu pengumuman resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). "Kami sangat bersyukur dan berte-

rima kasih kepada rakyat Jatim yang mempercayai PKB memimpin di sini. Namun, kami juga masih tetap menunggu pengumuman resmi KPU," ujarnya. Kendati demikian, target semula PKB pada Pemilu kali ini yakni 25 persen. Meski perolehan suara jauh dari target, lanjut dia, pihaknya mengaku bangga dan bersyukur. Sementara hingga kemarin, dua daerah di Jatim belum juga melakukan presentasi tentang hasil Pileg 2014. Keduanya adalah Kabupaten Sampang dan Kabupaten Bl itar. Hal tersebut membuat KPU Jatim belum juga mengumumkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pileg 2014 tingkat Jatim. Seperti diketahui, KPU Jatim menyelesaikan rekapitulasi 36 kabupaten/kota

sejak 23 April hingga 26 April dini hari. Ini pun berpindah tempat dari Hotel Singgasana Surabaya menuju Hotel Oval Surabaya. Rekap untuk Kota Surabaya dibacakan paling terakhir dan diwarnai aksi walk out PDIP yang menuntut penghitungan suara ulang untuk kotak suara DPRD Kota Surabaya di 31 kecamatan. "Sampang dan Kabupaten Bl itar belum presentasi," kata Sekretaris KPU Jatim Jonathan Judianto, Sabtu (26/4). Bagaimana dengan Pamekasan yang juga direkom pemungutan suara ulang (PSU) di tiga TPS (TPS 6, 7 dan 8 yang ada di Desa Potoan Laok, Kecamatan Palengan)? "Kalau Pamekasan sudah presentasi, karena PSU-nya kan hanya DPRD Ka-

Hasil Pemilu Legislatif 2014 Tingkat Provinsi Jawa Timur No.

Partai

Suara

1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12.

PKB PDI PERJUANGAN GERINDRA DEMOKRAT GOLKAR PPP PAN PKS NASDEM HANURA PBB PKPI

Sebaran Pemenang Pemilu Legislatif 2014 di Jatim Persentasi

3.671.911 3.523.434 2.457.966 2.340.170 1.912.474. 1.176.186 1.147.319 974.388 938.933 747.244 220.313 104.379

bupaten, sehingga rekap provinsi, DPD dan DPR RI tetap bisa disampaikan di rapat pleno provinsi," ujarnya. Ini sama halnya dengan kasus di Kabupaten Pasuruan, di mana ada rekomendasi dari Bawaslu Jatim untuk dilakukan penghitungan suara ulang di 13 PPK yang bermasalah terkait suap seorang caleg Gerindra Agustina. Pihaknya tidak berani memastikan terkait data perolehan hasil final suara parpol d i Jatim yang beredar d i kalangan media. PKB diprediksi meraih 20 kursi, sedangkan PDIP 19 kursi. Disusul Partai Gerindra 13 kursi, Partai Demokrat 13 kursi dan Partai Golkar 11 kursi. "Belum, belum. Kan memang belum selesai perhitungannya," ujarnya. (mdr/lan)

(19,6%) (18,8%) (13,1%) (12,5%) (10,2%) (6,3%) (6,1%) (5,2%) (5%) (4%) (1,2%) (0,6%)

PKB

Sidoarjo, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kab Probolinggo, Bondowoso, Situbondo, Jember, Trenggalek, Jombang, Kab Madiun, Bojonegoro, Tuban, Gresik, Lamongan, Pamekasan, Sumenep. (16 kab/kota).

PDIP

Surabaya, Kota Probolinggo, Banyuwangi, Lumajang, Kota Malang, Kab Malang, Batu, Kota Blitar, Kab Blitar, Kab Kediri, Tulungagung, Magetan, Ngawi, Kota Madiun, Kota Mojokerto, Kab Mojokerto. (16 kab/kota).

Gerindra

Nganjuk, Bangkalan

Demokrat:

Sampang, Pacitan

Golkar

Ponorogo, Kota Kediri

Tuntut Coblosan Ulang Suhardi JAKARTA-Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ternyata menjalin komunikasi politik dengan Partai Gerindra. Bahkan komunikasi tersebut juga telah mengarah kepada kesepakatan koalisi. Ketua Umum DPP Partai Gerindra Suhardi mengatakan, penjajakan koalisi partainya dengan PKS sudah menunjukan perkembangan yang positif. "Koalisi (Gerindra-PKS) mungkin sekali, tunggu sehari dua hari sudah ada perkembangan," ujar Suhardi di acara Peringatan 17 Tahun Berkibarnya Merah Putih di Puncak Mount Everest di Hotel Kartika Chandra, Jakarta Selatan, Sabtu (26/4). Menurutnya, komunikasi pol itik yang dilakukan Gerindra dengan PKS sangat serius. Hal ini dibuktikan dengan sudah ada pertemuan dengan Presiden PKS, Anis Matta di rumah Ketua Dewan Syuro PKS Hilmi Aminuddin. Meski begitu, Suhardi tak mau menjelaskan sejauh mana perkembangan komunikasi tersebut. Namun dia memastikan akan ada finalisasinya dalam waktu dekat. (akt/lan)

PPP Jember Ajukan Gugatan ke MK Jember-HARIAN BANGSA Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan (DPC PPP) Kabupaten Jember, melayangkan gugatan kepada Mahkamah Konstitusi, karena menemukan adanya persoalan selama pemilu 2014. "Gugatan sudah kami daftarkan kemarin," kata Ketua DPC PPP Jember Sunardi, Sabtu (26/4).

Ada tiga hal yang digugat. Pertama adanya mobilisasi pemilih untuk mencoblos dan penggelembungan C6 (surat undangan memil ih) di Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo. Kedua, pengubahan nominal suara tanpa mengundang saksi secara keseluruhan di Kecamatan Kal iwates. Ketiga, belum masuknya 13 suara di Tempat

Pemungutan 1 Kelurahan Jember Lor mil ik PPP dalam rekapitulasi suara total. "Untuk gugatan pertama, kami menuntut diadakannya coblosan ulang di TPS 1 hingga 9 di Sidomulyo. Kami menemukan data di lapangan, ada mobilisasi pemilih bisa nyoblos ke mana-mana (walau bukan di TPS pemilih bersangku-

Hari ini, 19 TPS di Sampang Coblos Ulang Sampang-HARIAN BANGSA 19 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Sampang hari ini dijadwal akan dilakukan Pencoblosan Suara Ulang (PSU). Pantauan di salah satu TPS 12 yaitu di Desa Padiyangan Kecamatan Robatal Kabupaten Sampang, tenda dan meja kursi mulai dipasang sejak semalam. Sejak malam itu pula, beberapa anggota Brimob terlihat mondar mandir di sepanjang jalan menuju kecamatan Robatal dan kecamatan Ketapang. "Kita mendapat perintah untuk masing-masing TPS di tempatkan 10 orang pengamanan, selain itu juga dibantu dengan Brimob 3 Kompi, Dalmas Polda Jatim 2 Kompi, Polres 250 personil," terang AKP.Heri Darsono Kasat Sabhara Polres Sampang, Sabtu (26/4). Sekadar diketahui, PSU yang akan

Salah satu TPS di desa Padiyangan yang akan digunakan untuk pencoblosdan ulang hari ini. dilakukan besok di antaranya 2 TPS Desa Padiyangan Kecamatan Robatal dan 17 TPS di Desa Bira Barat Kecamatan Ketapang Kabupaten Sampang. Sementara itu, Hernandi Kusuma-

hadi Komisioner KPU Sampang menyatakan, KPU Pusar merekomendasikan pembentukan kembali Kelompok Panitia pemungutan Suara (KPPS) dari unsur Panitia Pemilihan Kecamatan

(PPK) se Kabupaten Sampang untuk PSU jilid 2 di 19 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan dilaksanakan, Minggu (27/4). "Saya tidak bisa memprediksi gagal atau tidak, kalau gagal lagi kita tunggu saja karena itu kewenangan KPU pusat, yang jelas secara prinsip KPU Sampang hanya sebagai pelaksana dan menyelangara apa yang menjadi rekomendasi Bawaslu sesuai perintahkan KPU RI," tuturnya, kemarin. Sementar kemarin, sekitar pukul 15.00 WIB, logistik dan semua keperluan untuk di lakukanya pencoblosan suara ulang di dua TPS Desa Padiyangan Kecamatan Robatal dan 17 TPS di Desa Bira barat Kecamatan Ketapang Kabupaten Sampang akan di kirim ke lokasi dengan pengamanan ekstra ketat.(jat/lan)

Sunardi Ketua DPC PPP Jember tan, Red)," kata Sunardi. "Kalau untuk gugatan kedua, kami meminta agar ada sanksi untuk petugas Panitia Pemilihan Kecamatan Kaliwates. Ketiga, kami minta agar 19 suara milik PPP di Patrang dimasukkan dalam rekapitulasi," kata Sunardi.

PPP habis-habisan mengawal 13 suara yang belum masuk rekap itu, karena dipercaya akan mengubah komposisi kursi. "Kami menggunakan Lembaga Bantuan Hukum di Dewan Pimpinan Pusat PPP," kata Sunardi. (jat/lan)

PDIP Walk Out saat Rekap KPU Jatim Surabaya-HARIAN BANGSA Saksi dari DPD PDI Perjuangan Jatim, Didik Prasetiyono dan Mohammad Imam melakukan aksi walk out dari acara pembacaan rekapitulasi suara Pileg 2014 yang dilakukan KPU Jatim di Hotel Oval Surabaya, Sabtu (26/4) dini hari. Keduanya walk out lantaran tidak bisa menerima hasil Pileg untuk Kota Surabaya. "Menurut penelusuran kami, di semua kecamatan terjadi penggelembungan suara, modusnya adalah pembesaran bilangan pembagi pemilih (BPP). Kami akhirnya kehilangan 5 kursi, dan hanya mendapat 15

kursi untuk DPRD Kota Surabaya," kata Didik Prasetiyono. PDIP melayangkan tuntutan agar membuka semua kotak suara di 31 kecamatan untuk surat suara berwarna biru (DPRD Kota Surabaya) dan dilakukan penghitungan ulang. Artinya, PDIP tidak menuntut penghitungan untuk kotak suara DPR RI, DPRD provinsi dan DPD RI. "Ini untuk membenahi Surabaya yang jadi barometer Jatim. Contoh kasusnya, ada salah satu kecamatan di Rungkut, dimana pemilih hanya dikasih dua surat suara. Ini kan terjadi pembiaran hak konstitusional pemilih,� tegasnya. (mdr/lan)


HARIAN BANGSA

AHAD, 27 APRIL 2014

4

Hindari Flu, Jauhi Begadang JANGAN meremehkan INFLUENZA atau dikenal dengan sebutan flu. Saat flu menyerang, sejumlah aktifitas anda kemungkinan bakal terganggu. Apalagi kala cuaca yang sedang tidak menentu akhir-akhir ini, sebentar cerah, lalu hujan. Flu akan mudah menyerang anda. Sebetulnya flu tergolong penyakit yang mestinya dapat dicegahOleh karena tidak semua virus, termasuk virus flu, ada obat antinya, kunci pamungkas mencegah virus flu masih tetap hanya ada dua cara, yakni dengan meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi kemungkinan tubuh dimasuki oleh virus. Agar terhindar dari flu, salah satunya anda mesti cukup tidur dan tidak begadang. Salah satu sebab kita sering sakit adalah kekurangan waktu istirahat. Apabila memang harus ada yang dikerjakan pada malam hari maka hendaknya meluangkan waktu sebentar untuk beristirahat terlebih dahulu sebe-

lumnya seperti tidur siang. Anda juga mesti menjauh dari paparan dingin. Orang Barat menjuluki flu sebagai catch cold atau terpapar dingin. Memang, semakin lama dan sering tubuh terpapar yang serba dingin (udara, air mandi, ruangan berpendingin, minuman dingin, angin), semakin lemah ketahanan tubuh, dan kian rentan untuk gampang terserang virus (apa saja). Kita tahu, bibit penyakit virus hanya bisa dilawan dengan mengandalkan daya tahan tubuh. Kalau daya tahan menurun, pertahanan tubuh akan jebol, dan flu atau penyakit oleh virus lainnya berpotensi bakal menjangkiti. Itu sebabnya, selama tubuh hanya ditumpangi oleh virus flu saja, pemberian obat antibiotika, yang paling kuat sekalipun, menjadi mubazir karena virus tak bisa ditumpas oleh antibiotika jenis dan generasi apa pun. Selain sia-sia mengeluarkan uang untuk yang tak perlu, tubuh sudah dibebani oleh efek

Flu saat Hamil, Tingkatkan Resiko Lahirkan Anak Autis MENURUT sebuah penelitian baru-baru ini, flu yang diderita seorang wanita pada saat hamil dapat berisiko buruk pada perkembangan bayi kedepannya. Dalam hal ini, wanita hamil yang sering terserang flu lebih dari 7 hari pada masa kehamilan, berisiko melahirkan anak autis. Seperti dikutip dari BBC (13/11), temuan yang telah dipublikasikan oleh jurnal Pediatrics ini mengatakan, untuk itu, ada baiknya wanita hamil segera mengambil vaksin flu untuk mencegah hal terburuk. Atau saat mengalami flu, segera obati dengan cara bijak, sebelum penyakit ini menjangkit dan berlarut-larut. Temuan ini sebelumnya telah melalui serangkaian studi yang melibatkan lebih dari 97.000 anak yang lahir di Denmark antara tahun 1997 dan 2003. Para peneliti memberi pertanyaan pada ibu mereka yang berkaitan dengan seringnya paparan penyakit seperti pilek, infeksi sinus dan infeksi saluran kemih pada saat kehamilan. Dalam temuannya, seorang ibu hamil yang sering terkena flu, memiliki risiko Dua kali melahirkan anak Autis. Dalam penelitian ini juga ditemukan, kelompok ibu yang sering mengalami flu disertai demam selama tujuh hari atau lebih memiliki risiko Tiga kali memiliki anak autis dan 60% risiko anak mengalami masalah keseimbangan. Sementara ibu yang menggunakan antibiotik saat hamil untuk melawan flu memiliki risiko kecil melahirkan anak dengan gejala autisme. Meskipun tidak jelas mengapa influenza sangat berpotensi membahayakan perkembangan awal, para ahli menduga bahwa demam yang berhubungan dengan flu diperkirakan bertanggung jawab dalam hal ini. Studi sebelumnya juga pernah menunjukkan bahwa periode demam tinggi selama kehamilan berhubungan dengan cacat lahir. Hasil temuan ini, mengindikasikan pentingnya melindungi daya tahan tubuh untuk menghindari influenza, terutama bagi wanita hamil. Jika mendesak ibu hamil juga diperkenankan mendapatkan vaksinasi untuk melindungi diri dan bayi mereka. Sepanjang masih belum melewati masa kehamilan Enam bulan dan Enam bulan pertama kehidupan bayi. Hal ini dikarenakan, kesehatan bayi masih bergantung pada ibu mereka. Sementara, meski penyakit ini biasa bagi orang dewasa, bagi bayi terjangkit flu bisa jadi malapetaka. (centrone/sta)

foto: ilustrasi

samping antibiotikanya. Tidak jarang flu berkembang menjadi infeksi THT lain (infeksi tenggorok, kerongkongan, hidung, atau congekan), selain kemungkinan terinfeksi oleh kuman pendompleng yang memasuki paru-paru juga (bronchopneumonia, pneumonia). Itu pula alasan kenapa mereka yang sedang flu sebaiknya tinggal di rumah. Selain berpotensi merugikan diri sendiri, dalam keadaan flu berada di luar rumah akan menyebarkan virusnya ke udara di sekitar pasien, terlebih bila berada di ruangan (yang dirancang tertutup tak berventilasi) berpendingin. Anda juga perlu perkuat daya tahan tubuh. Dengan beristirahat dan menu bergizi tinggi selama musim hujan, tubuh diperkuat ketahanannya. Selain dengan cara menghangatkan tubuh (minum hangat, mandi hangat, balur obat gosok), pilih pula menu bergizi tinggi, khususnya berpotein tinggi (telur, susu,

daging), tak cukup menu sayurmayur belaka (sayur bening). Hindarkan mand i hujan, embusan angin, berada di udara terbuka. Buat kita dapat memilih minuman penghangat badan (wedang jahe, bandrek, bajigur, atau sekoteng), khususnya sehabis tubuh mandi hujan, berenang dingin, wisata pantai. Selain itu, anda mesti menghindari berada di tempat keramaian. Selagi musim hujan, dan banyak orang sedang sakit flu, sebaiknya tidak bepergian ke tempat-tempat keramaian kalau tidak perlu sekali. Kalau bisa ditunda sebaiknya tidak mengunjungi pasar tradisional, supermarket, mal, bioskop, terminal, stasiun, ruang tunggu puskesmas, rumah sakit, sekolah, dan ruang pesta. Tak hanya itu, anda mesti mengurangi rokok dan alkohol. Kedua jenis zat ini berpotensi menurunkan ketahanan tubuh. Merokok melukai selaput lendir saluran napas, sehingga

menjadikan saluran napas lebih rentan dimasuki virus. Juga perlu rajin cuci tangan dengan sabun. Tangan dan jemari kita dapat menjadi sumberpemindahan virus yang melekat dari lingkungan tempat kita melakukan aktivitas, seperti kantor, sekolah, dan kamar kecil di tempat-tempat umum. Anda juga perlu membersihkan lubang hidung setiap pulang bepergian. Selama bepergian ke luar rumah, terlebih selama musim flu berjangkit, nyaris tak ada udara yang tidak tercemar virus flu, terlebih di lingkungan yang ada pasien flu. Rajin berkumur juga perlu dilakukan agar terhindar dari flu. Virus flu memasuki tubuh lewat lubang hidung dan rongga mulut. Selain saluran hidung harus terjaga bersih, mulut pun perlu kokoh pertahanannya. Selain berkumur, tentu menggosok gigi, khususnya sebelum tidur malam. Rongga mulut yang kotor juga memperlemah ketahanannya. (mdc/sta)

Apa Perbedaan Antara Pilek dan Flu? Ketika anda mengalami gejala seperti hidung meler, batuk, tenggorokan meradang, dan suhu badan meningkat, bagaimana anda mengetahui apakah anda sedang mengalami gejala pilek ataukah gejala influenza (flu)? Penting untuk mengetahui perbedaan antara keduanya, agar anda mengetahui tindakan penanganan yang tepat untuk mengatasinya. Pilek dan flu, keduanya merupakan penyakit yang menyerang saluran pernapasan, na-

mun keduanya memiliki penyebab dan gejala yang berbeda. Secara umum, gejala pilek lebih ringan daripada flu. Flu disebabkan oleh virus influenza, sementara serangan pilek dapat disebabkan oleh ratusan virus dan bakteri. Untuk lebih jauh mengenali perbedaan antara pilek dan flu, perhatikan perbedaan gejala-gejala umum keduanya berikut ini. Gejala umum pilek Gejala pilek umumnya dimu-

lai dengan tenggorokan yang sakit atau meradang, yang biasanya menghilang setelah satu atau dua hari. Hidung meler dan tersumbat, bersin-bersin, juga sangat sering mengikuti pada beberapa hari awal. Lalu disusul dengan batuk pada hari keempat atau kelima. Demam jarang terjadi pada penyakit pilek, namun ada kemungkinan penderita pilek mengalami demam ringan –suhu badan sedikit meningkat. Anakanak lebih sering mengalami

Tabel perbedaan pilek dan flu Gejala

Pilek

Influenza (flu)

Datangnya gejala

Perlahan atau gradual kadang-kadang, biasanya ringan Jarang terjadi Tidak sering terjadi, ringan

Tiba-tiba atau mendadak Sangat umum, biasanya berupa demam tinggi Biasa terjadi Umum terjadi, parah

Demam (badan panas) Sakit kepala Sakit atau nyeri di beberapa/sekujur tubuh (otot dan persendian) Lemah, lesu

Jarang

Bersin-bersin

Sangat umum terjadi Sangat umum terjadi

Hidung tersumbat dan meler

Umum terjadi, bisa berlangsung selama 1-2 minggu Kadang-kadang Kadang-kadang Kadang-kadang

Tenggorokan perih/ meradang

Biasa terjadi

Batuk

Intensitasnya ringanmenengah, berdahak, setelah beberapa hari terserang pilek

Umum terjadi, intensitasnya bisa parah, kering, sangat mengganggu

foto: ilustrasi

Gejala umum flu Gejala flu umumnya lebih parah daripada pilek dan datang dengan tiba-tiba. Gejala flu biasanya berupa tenggorokan yang sakit/meradang, demam,

sakit kepala, nyeri pada otot dan persend ian tubuh, meriang (badan menggigil kedinginan), dan batuk kering. Pada flu, gejala berupa hidung tersumbat dan berair juga bisa terjadi, namun tidak terlalu sering. Gejala flu biasanya meningkat secara perlahan selama dua atau lima hari. Sama seperti pilek, penyakit flu sangat mudah menular melalui hidung, mata dan mulut. Oleh karena itu menjaga tangan agar tetap bersih dari kuman dan bakteri dapat mencegah penularan pilek dan flu. (berbagai sumber/sta)

ANTAR JEMPUT

VARIASI MOBIL

demam ringan saat terserang pilek dibandingkan dengan orang dewasa. Saat terserang pilek, hidung akan dipenuhi dengan lendir atau ingus (mucus) selama beberapa hari. Gejala pilek umumnya berlangsung selama satu minggu, d imana 3 atau 4 hari awal pilek sangat mudah menular.

OTOMOTIF MOBIL

SEWA MOBIL

ANTAR - JEMPUT Sekolah TK, SD, SMP, SMA / Karyawan / Borongan dari Sby Barat (Petemon, Tidar, Arjuna, Dukuh Kupang, Darmo, HR.Muhammad) Menuju ke Sby Pusat. Hub: 031-71906556, 085733268763 hw*6/4-7/5/14

KURSUS MOBIL fn*4/4-3/5/14

up*22/4-23/5/14

up*18/3-17/4/14

fn*19/4-20/5/14 hw*27/4-30/5/14

up*23/4-23/5/14

VARIASI MOBIL

“PROMO PAKET TOUR� ARLINTA 031-70262428, 71761674, 8714795, 08123501089 Email:arlinta_transport@ yahoo.co.id Website:www.arlinta transport. com Mywakan Avanza, Innova, ELF, Hiace Comuter, Pregio, Travello, T.Altis, New Camry, Xerena, Fortuner, Alphard, Vellvire, Mercy New Eyes S350+S500, Mini Bus, Tape, Rec, Seat, Hri/Bln-an, D/L Kota, Mbl baru2, Rute Jawa-Bali dg Sopir Brpglaman & Sabar hw*26/4-28/5/14

ANUGERAH Telp. 031-70575627, 08123239560 Innova, Avanza, Xenia, Livina, Travello, Elv, BBM + Sopir Murah hw*8/4-10/5/14

fn*22/4-22/5/14

MOTOR

MITSUBISHI PROMO Pick Up & Truck DP Murah. T12OSS DP 11 Jt-an, L300 DP 25 Jtan, Colt Diesel Super Speed DP 33 Jt-an. Wilayah Surabaya - Sidoarjo. Dapatkan Bonus MenarikLainnya. Segera Hub: 03134177660

KEHILANGAN HLG STNK HND97 N3487VA AN FAWZIKAYOMAN 3/5 PURWOSARI

fn*8/4-9/5/13

HLG STNK MITS 08 N8557UT AN TRIYONO GUNAWAN-GUNUNGGANSIR 3/3 BEJI

27/4/14

27/4/14

HLG STNK HND07 N6883VD AN NUR YASINKRG PANAS 3/4 KEJAYAN

HLG STNK HND11 N2942OV AN ACHMAD HUDIYANTO-PLINTAHAN 2/10 PANDAAN

27/4/14

27/4/14

SEWA MOBIL

HLG STNK HND00 N4263V AN ROFI'ITLOGOSARI 2/1 TUTUR

HLG STNK TYT03 N9936TA AN PT ES MINERAL SUMBER ABADI-SUKORENO PRIGEN

27/4/14

27/4/14

**ELLY RENT CAR** Menerima Carteran Mobil + Driver Luar Dalam Kota Hub: 031-31226478, 082136052979, 085854461757

HLG STNK YMH10 N2330OI AN ROFI'ITLOGOSARI 1/2 TUTUR

HLG STNK HND94 N6802TN AN H AKHMAD GHUFRON-GLANGGANG 27/09 BEJI

27/4/14

27/4/14

hw*26/4-28/5/14

MJ RENT A CAR Hub. 031-70777306, 03177725563, 8669320, 08121703970, New Eyes, Camry, Altis, Alphard, ELF, Pregio, Travello, Avanza, LGX, Innova, Bus AC Pariwisata 29,30,43,60 + Toilet, TV, CD, Karaoke, Recleaning Seat dan Terima Kontrak Bulanan / Tahunan fn*4/4-5/5/14

up*11/4-12/5/14

PASURUAN

up*25/3-25/4/14

up*22/4-22/5/14

up*10/4-11/5/14

hw*14/4-16/5/14

fn*7/4-6/5/14


5

HARIAN BANGSA

AHAD, 27 APRIL 2014

Program Kerja Bakesbangpol Kabupaten Blitar

Ormas dan LSM Harus Patuhi UU No 17 Tahun 2013 Blitar – HARIAN BANGSA Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) menjadi acuan bagi Ormas untuk menjalankan berbagai aktifitas sosialnya. Pemkab Blitar berharap agar semua Ormas mematuhi ketentuan dalam undang-undang ini agar keberadaan Ormas di Kabupaten Blitar bisa menjadi bagian pembangunan yang berkontribusi positif bagi masyarakat. UU No 17 Tahun 2013 ini merupakan pengganti Undang-Undang Nomor 8 tahun 1985 yang telah berusia 28 tahun. Wakil Bupati Blitar, Rijanto, menyatakan dengan adanya undang-undang yang baru ini diharapkan Ormas/LSM di Kabupaten Blitar mampu mengelola keseimbangan, keselarasan dan keharmonisan antara hak dan kebe-

basan berorga-nisasi seperti diatur dalam UUD 1945. ‘’Dengan harapan Ormas dan LSM di Kabupaten Blitar nantinya dapat melaksanakan aktifitasnya sesuai undang-undang yang berlaku,’’ tandasnya. Dia menegaskan, mengenai beberapa alasan penting diterbitkannya UU No 17 tahun 2013 ini. Diantaranya karena adanya perubahan paradigma dalam mengelola negara, dari orientasi Elit Political Base berubah menjadi Community Base. ‘’Undang-undang Nomor 8 tahun 1985 yang disusun dengan paradigma sentralistik tak lagi cocok dengan model pemerintahan yang cenderung desentralistis,’’ jelasnya. Selain itu nuansa kontrol dan pengendalian Ormas yang sangat kental dalam UU 8/1985 karena tak

Honorer K2 Surati Bupati Jombang JOMBANG – Para honorer Kategori 2 (K2) terus memperjuangkan nasibnya agar menjadi PNS. Kali ini mereka melayangkan surat kepada Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko dan Wakil Bupati Jombang Hj Munjidah Wahab agar mau bertemu dengan para honorer. Honorer K2 yang masih memperjuangkan nasibnya adalah yang gagal dalam tes CPNS jalur honorer beberapa bulan lalu. Nasib 913 honorer itu terkatung-katung sebab hingga kini belum ada kebijakan yang pasti terkait mereka. "Kami menunggu kapan jadwal bagi kami diberikan untuk berbicara dengan Bupati," ungkap Koordinator Forum Honorer Kabupaten Jombang, Ipung Kurniawan, Sabtu (26/4). Para honorer K2, tambah Ipung, merasa perlu bertemu dengan Bupati Jombang secara langsung agar kepala pemerintahan Kabupaten Jombang itu memahami apa yang d irasakan oleh honorer. Mereka juga ingin mendapatkan jawaban langsung dari bupati terkait nasib mereka. Surat ini merupakan edisi kedua, usai pada tahap pertama, pertemuan antara Honorer K2 dan Pemkab Jombang tidak dihadiri bupati. Pertemuan sebelumnya, para honorer hanya d itemuiKepala BKD Warto, Asisten Bupati Jombang Suyoto, serta Sudarmaji dari Dinas Pendidikan. Pada pertemuan selanjutnya, para honorer K2 meminta agar Bupati Jombang langsung menemui mereka. "Suratnya kami kirimkan tanggal 8 April, tapi belum dijawab," sesal Ipung Kurniawan. Lebih jauh Ipung Kurniawan menjelaskan, para honorer K2 yang berjumlah 913 orang pada intinya meminta agar Pemkab Jombang memprioritaskan para honorer yang tertinggal akibat gagal tes seleksi jalur honorer beberapa waktu lalu, dalam rekruitmen CPNS yang akan dilakukan. "Pengabdian honorer selama bertahun-tahun harus dihargai oleh Pemkab. Kami menuntut agar diprioritaskan untuk dituntaskan sebelum membuka rekruitmen CPNS jalur umum," tandas Ipung. (jbg-1/sta)

AKTIFITAS – Sejumlah warga Kabupaten Blitar kala beraktifitas dalam masyarakat. foto bakesbangpol kabupaten blitar lagi relevan dengan spirit pemberdayaan dan kemitraan kritis antara Pemerintah dan Ormas yang menjadi tuntutan reformasi. Selain itu,

gaya pemerintahan yang otoritarianis dan represif model Orde Baru tak lagi memiliki tempat dalam iklim demokrasi yang menjadi syarat

utama pengelolaan pemerintahan di era reformasi ini. Kedua, Reformasi menuntut pengelolaan negara berdasarkan prinsip-prinsip akuntabilitas, partisipatif dan transparansi. Nilai-nilai ini bertentangan dengan prinsip-prinsip pengaturan ormas yang tertuang dalam isi UU No 8 Tahun 1985. Ketiga, perlu melakukan harmonisasi dan sinkronisasi dengan undang-undang lain, khususnya undang-undang yang lahir di era reformasi, agar langgam gerak Ormas seirama dengan pembangunan demokrasi secara menyeluruh. Disisi lain secara umum pihaknya berharap adanya kerjasama yang baik dan erat antara Ormas/LSM seKabupaten Blitar dengan Pemerintah Kabupaten Blitar untuk mewu-

judkan Pembangunan Kabupaten Blitar yang sesuai dengan harapan masyarakat. ‘’Bagi kami adanya kesamaan Visi dan Misi Ormas dan LSM dengan pembangunan Kabupaten Blitar, sehingga Kabupaten Blitar bisa lebih baik lagi dan sesuai dengan harapan bersama,’’ imbuhnya. Selama ini Pemerintah Kabupaten Blitar memberikan kebebasan bagi Ormas untuk berkembang menjalankan misi-misi sosial. Dengan kebebasan itu, Ormas yang ada harus memberikan imbal balik dengan mentaati semua ketentuan yang diatur oleh Pemerintah. Baik itu aturan yang tertuang dalam undang-undang maupun ketentuan dalam bentuk lainya. ‘’Ormas diharapkan bisa menjadi bagian dalam upaya membangun daerah,’’ tandasnya. (tri/adv/sta)

Diduga Tak Kantongi Ijin

Polisi Tutup Galian C Milik Anggota Dewan Mojokerto – HARIAN BANGSA Polres Mojokerto menutup lokasi penambangan pasir dan batu (galian C) di Desa Tempuran, Kecamatan Pungging, Mojokerto. Selain diduga tidak mengantongi ijin, tambang sirtu milik anggota DPRD Kabupaten Mojokerto, Senedi ini juga diduga menampung limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) cair dari pabrik kertas. Adanya limbah B3 itu terungkap usai warga setempat mengeluhkan polusi l imbah di galian C itu. Penutupan galian C itu juga tampak dari sebuah laporan polisi (LP) bernomor 119/IV/2014/JATIM/RESMJK, tertanggal 24 April 2014, yang tertulis sebagai terlapor adalah Senedi, anggota DPRD Kabupaten Mojokerto, pemilik galian C. Kasat Reskrim Polres Mojokerto AKP I Gede Suartika membenarkan jika penutupan lokasi galian C milik Senedi lan-

DIDUGA ILEGAL – Lokasi penambangan sirtu di Desa Tempuran Kecamatan Pungging yang ditutup oleh Polres Mojokerto. foto : gunadhi/HARIAN BANGSA taran tanpa dilengkapi dengan izin yang sah. "Kita menindak lanjuti informasi dari masyarakat terkait adanya lokasi

gal ian C tanpa izin. Seperti yang tertulis, sebagai terlapor dalam LP itu adalah atas nama Sened i, warga Dusun Ben-

dungsari, Desa Tempuran," ungkapnya, Sabtu (26/4). Penutupan galian C ini bermula dari laporan warga sekitar lokasi,

jika limbah cair yang ditampung di lokasi itu, mengganggu pernafasan. Polisi yang turun ke lokasi menemukan dua masalah berbeda, terkait penampungan limbah B3 dan galian C yang diduga ilegal. "Kita sita tiga eskavator dan satu truk dari lokasi galian C. Pemiliknya akan segera kita panggil, karena yang bersangkutan sekarang masih di luar kota," beber AKP I Gede Suartika. Dikonfirmasi terpisah, Senedi membantah jika galian C miliknya ilegal. Untuk itu, dia siap memberikan keterangan kepada polisi. Namun untuk saat ini, dia mengaku masih mengikuti kunker DPRD setempat ke Maros, Sulawesi Selatan. ''Saya tiap tahun selalu memperbarui ijin kok. Hanya tahun ini memang ijin yang saya ajukan masih diproses BPPTPM,'' beber anggota dewan yang juga mantan Kades Tempuran ini. (gun/sta)

Tangkal Terorisme lewat Yasinan RT Magetan – HARIAN BANGSA Jajaran Polres Magetan gencar menggelar menyapa warga dengan tujuan untuk kewaspadaan terhadap bahaya terorisme yang terindikasi tumbuh dan mengancam keamanan dan kedamaian warga di lereng Gunung Lawu. Polres Magetan melalui Kapolsek Ngariboyo AKP H Sunarta menghimbau agar warga membangun kehidupan har-

monis dengan keluarga dan tetangga sekitar. Hal itu akan menjadi deteksi dini terhadap kejahatan yang menimpa warga. “Kegiatan pengajian dan yasinan yang diadakan warga desa Sumberdukun seperti ini sangat bagus. Selain kegiatan ibadah, juga untuk membangun komunikasi antar warga dengan l ingkungan sekitar,'' ujar AKP Sunarta. Menurutnya, setiap warga,

Raih Penghargaan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah

Prestasi Kinerja Bupati Kediri Dinilai Sangat Tinggi Kediri – HARIAN BANGSA Kementerian Dalam Negeri memberikan penghargaan kepada Bupati Kediri dr Hj Haryanti Sutrisno atas prestasi sebagai bupati dengan "Kinerja Sangat Tinggi". Penghargaan itu d iserahkan Mendagri Gamawan Fauzi kepada Bupati Kediri dr.Hj.Haryanti Sutrisno yang diwakili oleh Wakil Bupati Kediri Drs H Masykuri MM dalam acara Malam Apresiasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah di Jakarta, Jumat (25/4) malam. Mendagri Gamawan Fauzi memberikan apresiasi kepada sedikit daerah yang berhasil meraih penghargaan tersebut. Hanya ada 35 kabupaten dan 10 kota se-Indonesia yang mendapat penghargaan itu dari total sekitar 500 kabupaten/kota. Dia berharap penghargaan ini bisa meningkatkan kinerja daerah dalam memberikan pelayanan bagi publik di berbagai bidang. Bupati Kediri dr Hj Haryanti

Piagam dari menteri dalam negeri yang diterima Bupati Kediri atas prestasi kinerja sangat tinggi. foto humas pemkab kediri

Bupati Kediri Haryanti Sutrisno dan Wakil Bupati Kediri Masykuri Ihsan. foto humas pemkab kediri

Sutrisno mengatakan, penghargaan ini menjadi pelecut semangat untuk memacu kinerja menjadi lebih baik lagi. "Meraih penghargaan tentu saja bukan tujuan utama program pembangunan. Tapi apresiasi ini mendonorkan semangat bagi kami untuk lebih terpacu meningkatkan kinerja," ujarnya. Haryati menyampaikan rasa

terima kasihnya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kediri. “Karena tanpa bantuan dari seluruh masyarakat, penghargaan ini tidak mungkin kami raih,” imbuh Bupati Haryanti. Sebagaimana d iketahui, bahwa pemerintah pusat setiap tahun memberikan penghargaan kepada kepala daerah yang mempunyai kinerja sa-

ngat tinggi. Penghargaan tahun ini diberikan dalam rangka memperingati Hari Otonomi Daerah Ke-18 Tahun 2014 dan penilaiannya mengacu pada hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) dan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2012. (adv/rif/sta)

apalagi ketua RT ataupun perangkat desa wajib mewaspadai orang baru yang datang dan tinggal beberapa waktu di lingkungannya. ''Teroris itu biasanya kehidupannya tertutup. Kita wajib mencurigai jika ada pendatang baru di lingkungan kita. Akhir-akhir ini ada modus penipuan baru, penampilannya layaknya ustadz, tapi akhirnya ada yang tertipu kalungnya diminta, korban tidak sadar karena mungkin kena gendam,'' bebernya. Kepala Desa Sumberdukun Kamto menyambut baik kedatangan Kapolsek Ngariboyo AKP H Sunarta di pengajian yang digelar di rumah Sukami, Ketua RT 1/RW 1 Desa Sumberdukun. “Selain pengajian dan yasinan, kita juga membahas kegiatan RT dan hal-hal lain terkait permasa-

BERBAUR – Kapolsek Ngariboyo AKP H Sunarta memberikan penyuluhan Kamtibmas kala kegiatan Yasinan di Desa Sumberdukun. foto : nanang/HARIAN BANGSA lahan di lingkungan setempat. Al hamdul il lah, kal i ini kita kedatangan tamu Bapak Kapol-

sek Ngariboyo yang memberikan penyuluhan tentang kamtibmas,'' tuturnya. (nng/adv/sta)


HARIAN BANGSA

AHAD, 27 APRIL2014

6

BNN Ajak Muslimat NU Perangi Narkoba PAPARAN – Kepala BNN Komjen Pol Anang Iskandar kala sosialisasi narkoba saat peringatan Harlah ke-68 Muslimat NU, di Masjid Agung Sidoarjo, Sabtu (26/4). foto : musta’in/ HARIAN BANGSA

SIDOARJO – Badan Narkotika Nasional (BNN) mengajak anggota Muslimat NU untuk bersama-sama memerangi peredaran narkoba di Indonesia. BNN menilai kaum ibu memiliki peran penting dalam upaya pemberantasan narkoba. Kepala BNN Komjen Pol Anang Iskandar menyatakan, sebagai sentra aktifitas dalam keluarga, kaum ibu bisa mencegah pengguna narkoba baru. “Bagi yang telanjur menggunakan narkoba, ibu-ibu bisa mengajak mereka untuk datang ke rumah sakit yang ditunjuk untuk rehabilitasi narkoba,” cetusnya di depan ibu-ibu Muslimat NU Sidoarjo, di sela peringatan Harlah ke-68 Muslimat NU di Masjid Agung Sidoarjo, Sabtu (26/4). Kata Anang, jika pengguna narkoba enggan dibawa ke rumah sakit untuk direhabilitasi, maka mereka bisa ditangkap oleh petugas untuk diproses secara hukum. “Namun saya sudah berpesan kepada para penegak hukum, agar pengguna narkoba tidak dimasukkan ke dalam tahanan,” cetus mantan Kapolwiltabes (kini Polrestabes) Surabaya ini. Dalam kesempatan itu, Anang juga memberikan paparan mengenai paradigma baru penanganan pengguna narkoba, yang tidak lagi bermuara di penjara, namun di tempat rehabilitasi. Dalam kesempatan ini, Anang Iskandar datang didampingi Kepala BNN Jawa Timur Brigjen Pol Iwan Ibrahim dan Kepala BNN Kabupaten Sidoarjo AKBP Supriyanto. Ketua PW Muslimat NU Jatim Hj Masruroh Wahid menyatakan bersama ormasnya akan terus mensosialisasikan bahaya narkoba sampai tingkat ranting. "Kami juga prihatin dengan peredaran narkoba saat ini. Makanya mulai dari keluarga sampai lingkungan, harus gencar dilakukan sosialisasi soal ancaman dan bahaya narkoba," jelasnya. (sta/sal)

akhmadrizal.blogspot.com

Koruptor dan Pencuri

MWC NU Jabon Dilantik

Salah satu dosa besar dari sekian dosa besar lainnya adalah mencuri, atau mengambil harta milik orang lain dengan sembunyi-sembunyi. Satu pertanyaan muncul dari definisi tersebut. Apakah korupsi termasuk dalam kategori mencuri? Dijelaskan, korupsi termasuk dalam kategori mencuri dengan samarsamar.

Jajaran pengurus MWC NU Jabon saat dilantik. foto: Agus HP/HARIAN BANGSA SIDOARJO – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Sidoarjo resmi melantik jajaran pengurus Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Jabon masa Khidmat 2013-1018. Sebanyak 75 pengurus MWC, terdiri dari sembilan lembaga NU membacakan ikrar sumpah jabatannya pada pelantikan yang digelar di gedung MWC NU Jabon, Sabtu (26/4). Pelantikan dihadiri Forpimcam Jabon, utusan PCNU Sidoarjo, serta Fatayat dan Muslimat NU setempat. H. Khuzaimi Syakar, Ketua MWC NU Jabon mengatakan, pihaknya mencanangkan program pengembangan ekonomi mikro. “Perekonomian mikro nantinya bisa didukung warga nahdliyin dan sekitarnya,” ujarnya. Selain program pengembangan perekonomian, lanjut Khuzaimi, program lainnya juga d igerakkan. Seperti pembenahan dan pembinaan ajaran-ajaran para ulama tentang Aswaja oleh Lembaga Khotib. (gus/dar/sal)

SYAIKH Ahmad Rifa’i menyebutkan dalam kitab Ri’ayah alhimmah jilid 2 : “kaping enem nyolong arto nyel impe nyelamur,seqodar sejampel setali reregan (dosa besar ke enam adalah mencuri harta dengan sembunyi-sembunyi, meski sekedar satu rupiah atau sedikit)”.

Islam melarang keras aksi pencurian termasuk juga korupsi, karena bahaya yang ditimbulkannya sangat besar. Apalagi jika pencurian (baca: korupsi) yang terjadi sudah menjadi sebuah sistem, maka tanpa perlawanan yang sungguh-sungguh dari segenap lapisan masyarakat akan sulit memberantasnya. Mari kita simak firman Allah SWT yang berhubungan dengan masalah pencurian, yang artinya: “Tidak mungkin seorang nabi berkhianat dalam urusan harta rampasan perang. Barangsiapa yang berkhianat dalam urusan rampasan perang itu, maka pada hari kiamat ia akan datang membawa apa yang dikhianatkannya itu; kemudian tiap-tiap diri akan diberi pembalasan tentang

tentang apa yang ia kerjakan dengan (pembalasan) setimpal, sedang mereka tidak dianiaya”. (QS. Ali ‘Imran ayat 161) Asbabun Nuzul ayat ini adalah: pada perang Badar ada selembar sel imut merah dari barang rampasan hilang sebelum dibagi-bagi. Sebagian dari orangorang munafik mengatakan bahwa sel imut itu mungkin diambil oleh Rasulullah saw atau pasukan pemanah. Tidak pantas dan tidak mungkin terjadi Rasulullah saw berbuat khianat mengambil barang ganimah (rampasan dalam peperangan). Hal itu bertentangan dengan sifat-sifat kemaksuman Nabi (terpeliharanya dari perbuatan yang tercela), akhlaknya yang tinggi yang menjadi contoh utama. Barang siapa berbuat khianat serupa itu maka ia pada hari

kiamat akan datang membawa barang hasil pengkhianatannya dan tidak akan disembunyikannya. Setiap orang akan menerima balasan atas amal perbuatannya baik atau buruk, dan dalam hal balasan itu ia tidak akan teraniaya. Seperti orang yang berbuat baik dikurangi pahalanya atau orang yang berbuat buruk di tambah siksaannya. Yang dimaksud dengan ghulul pada ayat 161 ialah mengambil secara sembunyi-sembunyi milik orang banyak. Jadi pengambilan itu sifatnya semacam mencuri. Seorang Rasul sifatnya antara lain amanah, dapat dipercaya. Karena itu sangat tidak mungkin Rasulullah saw berbuat ghulul bahkan dalam masalah ghulul ini. Rasulullah saw pernah bersabda, yang artinya: “Wahai

sekalian manusia! barang siapa di antaramu mengerjakan sesuatu untuk kita, kemudian ia menyembunyikan sehelai barang jahitan atau lebih dari itu, maka perbuatan itu ghulul harus dipertanggungjawabkan nanti pada hari kiamat. ” (HR Muslim dan Abu Daud) Sayidina Umar bin Khattab pernah meriwayatkan: Bahwa setelah selesai perang Khaibar beberapa sahabat menghadap Rasulullah saw seraya mengatakan: Si A mati syahid, Si B mati syahid dan sampai mereka menyebut Si C mati syahid Rasul menjawab: “tidak, saya lihat Si C ada di neraka, karena ia mencuri sehelai baju’. Akhirnya Rasul menyuruh mengumumkan: “bahwa tidak akan masuk surga, kecuali orang-orang mukmin”. (HR Muslim) . (tnbh)

Silaturrahim Siapa bilang warga NU tidak punya agenda kegiatan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan? Kegiatan itu ternyata banyak sekali jumlahnya mulai dari tahlilan, yasinan, walimahan/ pernikahan, pengajian rutin, imtihan/wisuda, seminar, diskusi dan masih seabreg jika disebut satu persatu. Ingin dimuat di HARIAN BANGSA? Mudah. Cukup ketik SMS ya, kirim ke 08123064028 atau email: bangsasilaturrahim@gmail.com. Jangan lupa: Nama, Alamat, dan kegiatannya, kalau ada fotonya yang menarik, ya. Saya muat di Harian BANGSA [korane warga NU]. Itung-itung dokumen pribadi. Kalau dimuat, dibingkai pigora yaaa. Apakah ada yang sulit, SEDULUUUUR?????

08123064028 - 081216031525 Haul Akbar KH Bishri Syansuri JOMBANG– Hadirilah Haul Akbar al-maghfurlahum K.H.M.Bishri Syansuri ke-35 (pendiri Nahdlatul Ulama dan Rais Aam PBNU ke-2) dan haul ke-60 Nyai Hj. Nur Khodijah Hasbullah serta haul mutakhorijin-mutakhorijat di Pondok

Pesantren Mam'baul Ma'arif Jalan K.H Bishri Syansuri Denanyar, Jombang, pada hari Rabu tanggal 30 April 2014, pukul 19.30 WIB. Pembicara K.H. Abd. Qoyyum Manshur dari Lasem, Jawa Tengah dan K.H. Raden Asnawi Kudus. (Ir. K.H. Salahudin Wahid, cucu K.H. Bishri Syansuri)

Pengajian Akbar Masjid Al-Huda NGANJUK - Hadirilah Pengajian Akbar di Masjid Al-Huda Jalan Karah

Agung V/2A, Ahad pagi, 4 Mei 2014, pukul 06.00-07.30 WIB. Pembicara Drs. H. Abdurrahman Aziz M.Si, Ketua MUI Jatim bidang informasi dan komunikasi. Pengajian bertemakan "Pembentukan Karakter Islami di Tengh Perubahan". (Athour Rahman, panitia)

Diklat Salat Sempurna di Masjid Agung Sidoarjo SIDOARJO - Diklat salat sempurna diadakan oleh lembaga takmir masjid NU bekerjasama dengan LPPQ al-

bangsasilaturrahim@gmail.com

Karim Jatim, setiap hari Ahad, 20 dan 27 April 2014, dan 4 dan 11 Mei 2014, di Masjid Agung Sidoarjo. (Imam Syaroni, panitia)

Pengajian Kitab Washiyatul Musthofa SIDOARJO- Pengajian rutin Kitab Wahiyatul Musthofa yang diasuh oleh KH Masyhudi Mukhtar di Masjid Al-Mubarok Jl KH Sulaiman Gemurung Gedangan. (Samsul Fuad Bakri)

KARIR

Full Kajian Kitab dan Bahtsul Masail

SIDOARJO-Takmir Masjid Besar Al-Hidayah Jalan Ahmad Yani 55 Gedangan Sidoarjo mengadakan kajian Alquran dan tanya jawab bersama KH Muh Salim Imron pada Ahad Kedua setiap bulan. Dilaksanakan bakda salat Subuh, diakhiri dengan salat Dhuha dan Hajat. Pada Ahad Keempat, materinya diganti Kajian Hadis.

NGANJUK-Hadirilah kegiatan rutin di Masjid Jamik Al-Falah Desa Pelem Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk setiap rabu Malam Kamis pukul 19.30: 1. Pengajian ASWAJA An-Nahdliyah oleh K Sulton Abdul Hadi; 2. Pengajian Kitab Riyadhus Shulihin oleh KH Athour Rochiem; 3. Tafsir Alquran oleh Ustd Drs Imam Masyhadi Al-Hafidh; 4. Pengajian Kitab

FOTO COPY

Iryadul Ibad oleh KH Hasan Bisyri; 5. Lailatul Ijtimak dan Bahtsul Masail Malam 15 Qomariyah oleh Drs KH. M. Da’in Masyhuri MM; 6. Jam’iyatul Qurro Sabtu malam Ahad oleg Ustd H Khoiruddin; 7. Ahad Legi Khataman Alquran Putra Bil-Ghoib. (Athour Rohman Wahid)

MESIN

ELEKTRONIK

LOWONGAN

KERJASAMA

Kajian Alquran KH Salim Imron

ELEKTRONIK

IR 5000 / 6000 / 6570, NP 6551 / 6545 / 6050 / 6035 / 6030. Harga Mulai 5 Jutaan. Manunggal Kebonsari No 17. Hub : (031)72666777, 081331660077.

LOWONGAN

up*21/4-21/5/14

JUAL SPARE PART FOTO COPY Protolan (Mutilasi) Terlengkap se Indonesia IR5000, 6570, 5075, 5050 Series + Service Elektronik Hubungi: 031-72150150, 71150150, 08883778377

hw*25/3-25/4/14

fn*22/4-22/5/14

up*28/4-29/5/14

CV ROSEMONT, Office: Sidokare Indah Sda. Terima Jasa Teknik Sipil, Mechanical Electrical, Genset, Forklift, Process Control, AC, Frezer, Kulkas, Pendingin, Jual / Beli AC Baru/Bekas. Hub: Pak Khusairi Telp. 03191421029, 087754012229, 081554368867

SERVICE 5/4-6/5/14 fn*15/4-17/5/14

up*15/4-16/5/14

up*27/3-27/4/14

KOMPUTER fn*20/4-21/5/13

hw*5/4-6/5/14

DICARI KOMPUTER / LAPTOP Baru, Normal, Rusak, Bayar di Tempat Hub: 03171386789, 085334386789 hw*5/4-6/5/14

fn*26/4-28/5/14 up*25/4-15/5/14

ADI JAYA SERVICE TV Panggilan 083857580838, 088805334723, 03171305757 Pin BB: 7DB029F9 up*8/4-10/5/14

DICARI LAPTOP / KOMPUTER Baru / Bekas / Rusak Dibeli Tunai Hub: 03171386663, 082230886599 hw*8/4-10/5/14

hw*27/4-30/5/14

fn*24/4-26/5/14

SUMBER TEKNIK SERVICE AC, Kulkas & Dispenser, Bongkar Pasang Kulkas, Freezer, Filter + Jual Beli. Hub. 03171991258, 081231434308 up*24/4-25/5/14

up*15/4-16/5/14


7

HARIAN BANGSA

AHAD, 27 APRIL 2014

Steven Byers (2-habis)

Temukan Kedamaian yang Selama Ini Dicari MENURUT Hamza, satu-satunya cara meraih kedamaian adalah dengan meraih kedamaian dari dalam diri melalui kehendak Al lah. Sama seperti batu bara. Saat Anda melihatnya mati, hanya ada gelap. Tapi saat menyala, kegelapan hilang. “Yang ada hanya terang,” ujarnya. Kewajiban utama yang harus dijalankan Muslim mampu menguatkan komitmen mereka kepada Allah SWT dan perdamaian. Kewajiban tersebut, termasuk menjalankan shalat lima waktu, membaca kitab suci Alquran, berpuasa selama Ramadan, bersedekah dan menunaikan ibadah haji satu kali dalam hidup bila mampu. Kewajiban yang dilaksanakan para Muslim adalah wujud komitmen pada Tuhan dan perdamaian. Setelah menjadi Muslim, perlahan tapi pasti, banyak pengalaman yang dilalui Byers, termasuk puasa pada Ramadan. Puasa pertamanya pada 2012 mengajarkan agar berdisiplin dan rasa saling bersolidaritas dengan kalangan tak mampu. “Seperti apa rasanya orang miskin yang bahkan makan saja tidak mampu,” ungkap Byers seperti dilansir onislam.net. Ia mengakui masih membutuhkan adaptasi guna memperkuat fondasi keimannya. Itu dilakukannya sebagai wujud komitmen dirinya ketika menjadi Muslim. Ia menyadari landasan lama-kelamaan melekat dalam karakternya. Banyak perubahan yang dialaminya, salah satunya bagaimana ia memahami dirinya sendiri. “Islam dilahirkan dengan menyesuaikan kebutuhan manusia. Dalam bahasa Arab itu disebut dengan fitrah,” kata Steven Byers. Sebagai seorang mualaf, Byers menemukan banyak hal baru dalam Islam yang menarik. Hal itu juga mendorongnya untuk terus mempelajari agama samawi ini. Byers juga mempunyai keinginan pergi ke Makkah menunaikan ibadah haji. Sejauh ini, ia mengaku nyaman dan cukup mudah menyesuaikan diri. Hal itu terjadi karena ia telah merasakan nilai-nilai dasar perdamaian, amal, dan niat baik yang sudah menjadi bagian dari karakternya. Byers menambahkan penting untuk orang-orang mempelajari tentang Islam. Ini penting karena banyak orang yang salah persepsi dan menganggap Islam sebagai agama teror. Dia mengatakan, jika saja orang-orang menyatukan tujuan Islam dalam hidup mereka, seperti dirinya, mereka akan menemukan kedamaian yang mungkin selama ini mereka cari. (era/nis)

Keagungan Bulan Rajab Tidak lama lagi, tanggal 1 Mei 2014 kita akan memasuki bulan Rajab. Rajab adalah bulan ke tujuh dari penggalan Islam qomariyah (hijriyah). Peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad shalallah ‘alaih wasallam untuk menerima perintah salat lima waktu terjadi pada 27 Rajab ini. BULAN Rajab juga merupakan salah satu bulan haram, artinya bulan yang dimuliakan. Dalam tradisi Islam dikenal ada empat bulan haram, ketiganya secara berurutan adalah: Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan satu bulan yang tersendiri, Rajab. Dinamakan bulan haram karena pada bulan-bulan tersebut orang Islam dilarang mengadakan peperangan. Tentang bulanbulan ini, Al-Qur’an menjelaskan: “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram.

Pendekar Kapak Kuning, Robin Hood Tanah Jawa (661)

Itulah (ketetapan) agama yang lurus, Maka janganlah kamu Menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” Hukum Puasa Rajab Hadis-hadis Nabi yang menganjurkan atau memerintahkan berpuasa dalam bulan- bulan haram (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab) itu cukup menjadi hujjah atau landasan mengenai keutamaan puasa di bulan Rajab. Diriwayatkan dari Mujibah al-Bahiliyah, Rasulullah bersabda "Puasalah pada bulan-bulan haram." (Riwayat Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Ahmad). Hadis lainnya adalah riwayat al-Nasa'i dan Abu Dawud (dan disahihkan oleh Ibnu Huzaimah): "Usamah berkata pada Nabi Muhammad Saw, “Wahai Rasulallah, saya tak melihat Rasul mela-

Al-Ghazali dalam Ihya’ Ulumid-Din menyatakan bahwa kesunnahan berpuasa menjadi lebih kuat jika dilaksanakan pada hari-hari utama (al-ayyam alfadhilah). Hari- hari utama ini dapat ditemukan pada tiap tahun, tiap bulan dan tiap minggu. Terkait siklus bulanan ini Al-Ghazali menyatakan bahwa Rajab terkategori al-asyhur al-fad hilah di samping dzul hijjah, muharram dan sya’ban. Rajab juga terkategori alasyhur al-hurum di samping dzulqa’dah, dzul hijjah, dan muharram. Disebutkan dalam Kifayah al-Akhyar, bahwa bulan yang paling utama untuk berpuasa setelah Ramadan adalah bulan- bulan haram yaitu dzulqa’dah, dzul hijjah, rajab dan muharram. Di antara keempat bulan itu yang paling utama untuk puasa adalah bulan al-muharram, kemudian Sya’ban. Namun menurut Syaikh Al-Rayani, bulan puasa yang utama setelah alMuharram adalah Rajab. (bersambung)

kukan puasa (sunnah) sebanyak yang Rasul lakukan dalam bulan Sya'ban. Rasul menjawab: 'Bulan Sya'ban adalah bulan antara Rajab dan Ramadan yang dilupakan oleh kebanyakan orang.'" Menurut as-Syaukani dalam Nailul Authar, dalam bahasan puasa sunnah, ungkapan Nabi, "Bulan Sya'ban adalah bulan antara Rajab dan Ramadan yang dilupakan kebanyakan orang" itu secara implisit menunjukkan bahwa bulan Rajab juga disunnahkan melakukan puasa di dalamnya. Keutamaan berpuasa pada bulan haram juga diriwayatkan dalam hadis sahih imam Muslim. Bahkan berpuasa di dalam bulan-bulan mulia ini disebut Rasulullah sebagai puasa yang paling utama setelah puasa Ramadan. Nabi bersabda : “Seutama-utama puasa setelah Ramadan adalah puasa di bulanbulan al-muharram (Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab).

Adam Peletak Peradaban di Bumi (2-habis)

Ki Nyoto Lapor Kompeni Belanda Usia Adam Jauh Lebih Tua daripada Hawa

BERPINDAHNYA kapak kuning yang nyantol begitu saja di daun pintu. Menjadi ganjal dan membuat pintu tak bisa ditutup, menjadikan suasana di markas Celeng Bajul geger. Mereka tak merasa ada seseorang yang datang ke markas mereka. Saat itu, juga banyak

anggota yang lalu lalang di depan gudang harta. Tetapi, faktanya, kapak kuning itu berubah tempat, dan harta mereka berkurang. "Kuuuraaang ajjjar!" teriak Ki Nyoto, d i depan gudang harta, yang pintunya terbuka begitu saja.

"Orang itu benar-benar mempermainkan kita. Tunggu sampai kesempatan bertemu. Akan aku cabik-cabik orang itu." Tidak ada satu pun yang berani memegang kapak kuning, karena takut sang ketua salah paham. Bayangkan, sang ketua saja tak mampu memegang kapak kuning, apalagi para anak buah yang ilmu tenaga dalamnya hanya cetek saja. Ki Nyoto berlalu sambil marah-marah. Dia mengajak beberapa anak buahnya untuk segera melapor ke kompeni Belanda. Dia menyeritakan adanya kapak kuning di markasnya. Tentu saja kompeni segera merespon, karena memang selama puluhan tahun sosok Pendekar Kapak Kuning meneror kompeni, dengan aksi pencuriannya. Beberapa komandan tangsi kompeni mendatangi markas sahabatnya ini, dan memeriksa kapak kuning yang nyantol begitu saja di daun pintu. Kompeni Belanda dibuat tercenung, sebab, kapak kuning itu tak bisa dipegang. Siapa pun yang mencoba memegang kapak kuning itu, dipastikan dibikin terpental begitu saja. (bersambung)

PANDANGAN dari kitab suci agama yang lain juga mengisahkan cerita yang serupa. Bahkan, bukti-bukti otentik dari para ilmuwan pun sepakat dengan pemikiran ini. Artikel terbaru dari Dailymail menyatakan bahwa sang manusia pertama di bumi, yaitu Adam, telah menjejakkan kakinya sejak 209 ribu tahun yang lalu. “Ini 9.000 tahun lebih awal dari perkiraan ilmuwan sebelumnya,” ujar peneliti Inggris dari Universitas Sheffield, Dr Eran Elhaik. Bukti-bukti arkeologis menurutnya telah meruncingkan kesimpulan bahwa Adam dan Hawa hidup dalam waktu yang sama di daratan Afrika. Artikel lain yang didapatkan dari Nature World News menyatakan, berdasarkan penelitian genetika, diketahui Kromosom Y (laki-laki) dari Adam atau yang disebut Y-MRCA menyebutkan telah ada manusia modern di bumi ini sejak 237 ribu hingga 581 ribu tahun yang lalu. Hasil penelitian ini didasarkan pada penemuan fosil manusia yang ditemukan di Sungai Omo, di Ethiopia, Afrika, dan penelitian pada Mitochondrial Eve yang berusia sekitar 200

Jabal Rahmah atau bukit kasih sayang tempat Adam dan Hawa bertemu kembali di dunia setelah terpisah puluhan tahun.

Secara fisik, ukuran manusia pertama ini jauh lebih besar dari manusia sekarang. Ini sesuai dengan hadis dari Abu Hurairah, Rasulul lah SAW bersabda, “Sesungguhnya Al lah menciptakan Adam dengan tinggi enam puluh hasta. Tinggi manusia akan terus berkurang hingga nantinya.” Sebelumnya, penelitian serupa juga telah dilakukan oleh

para ilmuwan dari University of Arizona. Hasil penel itian mereka mengungkapkan bahwa usia Adam jauh lebih tua daripada Hawa. Ini berdasarkan temuan kromosom laki-laki (Y) yang d imil iki Adam telah ada lebih dari 338 ribu tahun yang lalu. Masa ini jauh lebih dahulu dari awal teori evolusi manusia yang dicetuskan Darwin. (epu/nis)

RUMAH USAHA

JUAL TANAH

JUAL RUMAH Manukan Sikatan Gg Lebar No.15, 3KT, 1KM, Garasi, L.10x25 m2, Harga 1,1 M Nego Hub: 031-71162527, 082331758999

JUAL KLINIK MEDIS Dekat MERR Rungkut, 2 Lantai, Lt.110 Lb.200 Hasil Bagus Sudah Jalan 20 Th. Harga 4,7 M Hub: 03177779871, 08216711209

up*23/4-23/5/14

up*4/4-4/5/14

JUAL CEPAT TANAH Kav Daerah Sukodono Siap Bangun, 100 m dari Jln Raya, Lebar Jalan 5m, Harga 50 Jt-an Free Biaya Balik Nama Includ Biaya Notaris, SHM. Hub: 031-71615289, 34256868, 77040711 Hanya Bulan ini

ribu tahun yang lalu. Berdasarkan penghitungan masa geologi, pada masa 237 ribu hingga 581 ribu tahun yang lalu tersebut, masuk dalam Era Middle Pleistocene. Rentang waktu zaman ini d itetapkan sejak 126 ribu hingga 781 ribu tahun yang lalu. Masa inilah merupakan masa manusia pertama ada menjejak bumi, yaitu Adam.

PROPERTI PERLENGKAPAN RUMAH

JUAL RUMAH

RUMAH SIAP HUNI, type 27= Rp.95 Jt. DP 55 Jt sisanya angsur 2 Th Bunga 0% Lokasi Ngaresrejo Sukodono SDA. Hub: 03172629063/087754229545

JUAL TANAH

up*24/4-24/5/14

JUAL TANAH SHM, Uk.8x32m, Harga 1,2 Jt/m2, Lok.3km dari Bandara Juanda Hub: 031-28868173, 085853690977

fn*29/3-29/4/14

up*27/3-27/4/14

JUAL CEPAT RUMAH Perum Delta Wedoro Indah Luas: 113m2, Renov, SHM, 2KT, AC, Gorden, 600 Jt Nego. Hub: 031-34855536, 085746421119

JUAL CEPAT BUTUH UANG Rumah 4KT, 3KM, Griya Permata GedanganE-3/25, Lt.90, 1,5 Lt, Garasi, Hrg 380 Jt Nego Hub: 03170649474, 08123143174

up*12/4-14/5/14

fn*20/4-21/5/14

fn*17/4-19/5/14

up*23/4-23/5/14

fn*25/3-25/4/14

up*25/3-25/4/14

RUMAH CITRA HARMONI Lb.120 Full Bangunan 3KT, 1KP, 2KM, 2 Lantai, Jemuran Garasi, 2AC, 2 Kipas Baling-baling, Harga 700 Jt Nego Hub: 031-71297339, 085746186069

JUAL TANAH di Situbondo Uk.47 Uk.47 Hektar, SHM, 3500 / m2, Lok: Desa Kalibokor, Bisa utk Perumahan, Industri, Perkebunan. Hubungi: 031-5314465, 83664626, 081331525691

up*12/4-14/5/14

up*27/3-27/4/14

JUAL RUMAH BARU MINIMALIS, Uk.5x12 PAM/Listrik/Galvum, Jl Semeni Baru 2/51 Belakang SMA XII. Hub: 031-71714642/ 087773334443 fn*29/3-29/4/14

fn*4/4-5/5/14

PASANG ATAP GALVALUM, Plafon, Gipsum, Almini, Bangun / Renov Rumah. Hub: 03172365636, 085732992020

fn*10/4-11/5/14

JUAL RUMAH Lok: Buduran Asri Legok Sukodono, SHM, 36/90, 2KT, 1KM, Renov, 180 Juta Nego. Hub: 031-70533840 up*17/4-18/5/14

fn*5/4-3/5/14

up*4/4-4/5/14

hw*10/4-11/5/14

DIJUAL RUMAH Jl. Asem 5/17-19 SHM, Lt.542 m2, Full Bangunan 3,5 m, 2 Lt Belakang, 7 KT, 4 KM, Garasi. Hub: 0315314465

JUAL RUMAH Parang Barong 27 Indrapura Sby, Lt.150 m2, Full Bangunan, Bangunan Baru + Usahanya, Sudah Berjalan, Harga 1,6 M, 2KT, 1KM, Strategis. Hub: 0315314465, 83664626, 081331525691

JUAL TANAH KAVLING, Uk.5x25 Di Gempol Kuring Benowo-siap bangun. Jalan paving harga 78 Juta. Hub: Agus Susanto Tlp:031-31311866/081554173730

up*26/3-26/4/14

up*27/3-27/4/14

fn*29/3-29/4/14

hw*4/4-5/5/14

up*10/4-11/5/14

JUAL RUMAH Siap Huni Manyar Tirtomoyo 57, Lt.525 Lb.400 Jual Cepat Hitung Tanah 7,2 M Nego, 5 KT, 2 KP, 4 KM, Garasi Hub: 031-77779871, 08216711209

fn*25/4-26/5/14

JUAL TANAH Jl. Raya Merr Sby Timur Lt.1.536 m2 SHM, Rumah Kusuma Bangsa Lt.560 m2 SHM. TNH RAYA JEMURSARI Lt.3600 m. ANDA MAU JUAL - BELI PROPERTY Hub: 085232396939, 031-70204075 Pin BB 73D2893B

TANAH 4.394 M2 UNTUK INVESTASI ? DIJUAL cpt Tiga Bidang Tnh Masing-masing Seluas 689 m2, 1.064 m2, dan 2.101 m2. Lok: Krembangan Taman SDA. Cocok utk Investasi Tnh. Dr Tahun ke Tahun Hrg Trs Naik. DITAWARKAN Rp 750jt. (Tiga Bidang Tnh Seluas 4.394 m2. Bisa nego. MINAT? Hub. Roziq 081216125651 / 087853134787 / pin BB 73d08ad1 hw*1/4-2/5/14

SOFT OPENING : Kredit Rumah Tanpa Ditolak Griya Tambakrejo Indah, Harga 190 Jt, DP Bisa Dicicil. Hub: 031-34996669 hw*25/3-25/4/14


HARIAN BANGSA

Petani Jember Serap 38 Persen Pupuk Urea

AHAD, 27 APRIL 2014

8

Rekom Pasar Kencong 'Hilang'

JEMBER - Penggunaan pupuk urea bersubsidi di Kabupaten Jember, sejak Januari hingga Jumat (25/4) terserap sebanyak 38 persen dari total alokasi pupuk di kabupaten setempat sebanyak 72.151 ton. Asisten Penjualan perwakilan PT Pupuk Kaltim di Jember, Nursalim menjelaskan, jumlah pupuk urea yang sudah didistribusikan ke distributor dan dibeli oleh petani sekitar 27 ribu ton atau sebanyak 38 persen. Menurut dia, pihaknya melakukan pergeseran jatah pupuk urea bersubsidi di Jember untuk mengatasi kelangkaan pupuk selama beberapa bulan terakhir yang terjadi di sejumlah kecamatan di kabupaten setempat. "Pergeseran alokasi pupuk atau penambahan pupuk pada beberapa bulan terakhir berdasarkan permintaan dari Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) karena kondisi di lapangan masih banyak petani yang membutuhkan pupuk urea," tuturnya. Pada musim tanam di bulan April 2014, lanjut dia, kebutuhan petani untuk pupuk bersubsidi sudah mulai meningkat, bahkan pihaknya mengeluarkan "delivery order" pada Jumat (25/4) sebanyak 1.714 ton untuk disebar di 31 kecamatan. Sementara Kepala Dinas Pertanian Jember Hari Wijayadi mengatakan, Pemkab Jember meminta tambahan pupuk bersubsidi kepada Kementerian Pertanian karena terjadinya kelangkaan pupuk di sejumlah kecamatan di kabupaten setempat. "Kami meminta tambahan pupuk bersubsidi sebanyak 59.304 ton untuk jenis pupuk urea, SP-36, ZA, NPK, dan pupuk organik untuk tahun 2014," tutrurnya. Rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK) petani di Jember tercatat kebutuhan pupuk urea bersubsidi sebanyak 91.190 ton, namun hanya diberikan kuota sebanyak 72.151 ton, kemudian RDKK untuk SP-36 sebanyak 11.672,65 ton, tetapi hanya mendapat alokasi 3,906 ton. (ntr/lan)

Tak Dibaca saat Sidang Paripurna

Kondisi Pasar Penampungan para pedagang Pasar Kencong setelah dibongkar beberapa waktu lalu.

Jember-HARIAN BANGSA Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) mempertanyakan tidak dibacakannya rekomendasi soal Pasar Kencong, dalam sidang paripurna DPRD Jember yang membahas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati MZA Djalal, Sabtu (26/4). Pasalnya, rekomendasi soal Pasar Kencong tidak dibacakan (dihilangkan,red). Evi Lestari, Wakil Ketua Komisi A Bidang Hukum dan Pemerintahan dari Partai Amanat Nasional, membacakan 33 halaman rekomendasi DPRD Jember itu. Rekom mengenai Pasar Kencong ada di halaman 29. Rekom tersebut berisi masih belum tuntasnya persoalan Pasar Kencong yang disebabkan ada-

PENGUMUMAN TIM SELEKSI CALON ANGGOTA KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN BONDOWOSO NOMOR : 02/TIMSEL.KPU-KAB.BWS/IV/2014 TENTANG HASIL SELEKSI ADMINISTRASI CALON ANGGOTA KPU KABUPATEN BONDOWOSO PERIODE 2014 - 2019 NO

NAMA PESERTA

ALAMAT

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72

RAMLI, S.P MOH. MAKHSUN HAIRUL ANAM ISWAHYUDI, SE AHMAD JUNAIDI ALI MUSHOFA HARYANTO, SH., MH LUTFIYAH ZUHRO AFANDI WAWAN PURWADI SURADI ILHAM HAMID SAIFULLAH EKO SUSIYANTO, S.IP ALI HASAN M ROFI’ ALI NURUL HELMIH DONY PRASETYO, SH M. SUGIYANTO Z, S.Sos SITI ZAENAB MA’SHUM, SH AGUS SA’DULLAH Drs. Ec. HADI ISMANTO H. M. MUNIRI, S.Ag ANDI ABDILLAH, S.Ag AMIRUDIN MAKRUF ANGWAR SANUSI MOHAMMAD HASYIM H. TONI LASTIYO ADP, SH LILIK. E SHOLIHIN A. BASHARI FRICAS ABDILLAH, SH CUNG NAIDI APRILIANTINI FEBRI ERFENANTO MUNAWIR GHAZALI FATHUL BARI SUPARMAN M. ISHAK SAFI’I MASDIDIK, S.IP AHMAD FAUZI SYAMSUL ARIFIN SUKARSO MOHAMAD ASIS AHMADI DIANA NOOR HARA S SUNINTO SISWADI, A.Md SUFI DHARMA JON WANDRIANTO MUHLIS, S.Pd TRI PRIYONO MIFTAHUS SURUR JONI FATAHILLAH M. SALEH SUGIANTO JAMILUDIN USMAN AGUSNADI LELY KAROLINA A. NAUFAL K FARAH ANNISYAH H.MAKSUN HASYIM ABDUL GAFUR S.Pdi ERFANIAH S.IP HOSYAIRI SUNFI FAHLAWATI ZAINAL ABIDIN HAMDUN ABD.KADIR LUKMANUL HAKIM

RAMBAN KULON RT.14 - CERMEE WRINGIN MENGEN - TAMANAN KALIANYAR - TAMANAN PETUNG - CURAHDAMI Ds. KARANGANYAR - TEGALAMPEL TAMANAN - BONDOWOSO JL. A. YANI VII NO. 46 - BONDOWOSO Ds. KERANG RT.01/01 - SUKOSARI Ds. SUKOREJO RT.05/02 - SBR. WRINGIN BADEAN RT.08/06 - BONDOWOSO KEMBANG PERMAI II/05 -BONDOWOSO JL. RE. MARTADINATA II/56 DABASAH RT.24/05 JL.WISATA IJEN, Ds. JURANG SAPI 58/17 Ds. BUKOR RT.05/03. WRINGIN -BONDOWOSO Ds. PADASAN RT.01 - KEC. PUJER RAMBAN KULON RT. 16 - CERMEE Ds. SUMBER KEMUNING RT.18/04 - TAMANAN GRUJUGAN LOR RT.02/01 - JAMBESARI D.S Ds. JAMBESARI - KEC. JAMBESARI D.S PRAJEKAN KIDUL - BONDOWOSO Ds. TAMAN - GRUJUGAN Ds. KARANG SENGON RT.04/02 - KLABANG DADAPAN RT.05/05 GRUJUGAN - BONDOWOSO JL. MASTRIP NO.11 RT.01/01 PANCORAN - BWS JL. SITUBONDO KM.10 CINDOGO - TAPEN BOTOLINGGO, RT.03/02 DAWUHAN RT.02/01 - TENGGARANG PERUM KEMBANG PERMAI JJ-08 - BONDOWOSO Ds. KEMBANG RT.15/03 - TLOGOSARI PERUM TEGALSARI A-1 KARANGANYAR-TEGALAMPEL SUGER LOR - MAESAN Ds. TAMAN - KEC. GRUJUGAN. BONDOWOSO Ds. PEJATEN RT.11/02 - BONDOWOSO JL. KH. ZAINUL ARIFIN 21 - BONDOWOSO Kel. SEKARPUTIH RT.01/01 - TEGALAMPEL Ds. RAMBAN WETAN - CERMEE. BONDOWOSO PECALONGAN RT.05/01 SUKOSARI - BONDOWOSO JL. TANCAK KEMBAR - KUPANG, KEC. PAKEM GADING SARI - PAKEM SUMBER GADING - SUMBER WRINGIN JL. ABDUL WAHID, Gg. KEJAKSAAN RT.32/04 - BWS LOMBOK KULON - WONOSARI REJOAGUNG RT.08/02 - SUMBER WRINGIN Ds. PAKEM RT.01/01 - KEC. PAKEM Ds. TAPEN RT.36/12 - KEC. TAPEN Ds. SEMBER KEMUNING - TAMANAN Ds. SUMBER WARU RT.09/03 - BINAKAL KAUMAN BARU RT.15/05 - TENGGARANG Ds. TANGSIL KULON - TENGGARANG. BONDOWOSO Ds. MRAWAN RT.07/03 - TAPEN Ds. CERMEE RT.06 - KEC. CERMEE Ds. PEJATEN - KEC. BONDOWOSO PERUM BATAAN PERMAI TENGGARANG - BWS KEJAWAN RT.14/02 - BONDOWOSO Ds. PENANGGUNGAN RT.13/01 MAESAN - BWS Ds. PAKISAN Ds. SULEK - TLOGOSARI Ds. CERMEE RT.13 - KEC. CERMEE Ds. GRUJUGAN RT. 06 - KEC. CERMEE PBI BLOK BB NO.13 RT.19 - NANGKAAN GRIYA KEMBANG PERMAI BLOK A-18 BONDOWOSO JL. BRIGJEN KATAMSO 23 BADEAN BONDOWOSO REJOAGUNG SUMBER WRINGIN Ds.DAWUHAN RT.03 RW.02 TENGGARANG BONDOWOSO PERUM KADEMANGAN ASRI TAMANAN SUKOSARI WONOSARI Ds.TLOGOSARI RT.16 RW.04 TLOGOSARI Ds. CURAHPOH RT.03 RW.01 CURAHDAMI BONDOWOSO Ds. SULEK RT.16 RW.04 TLOGOSARI

ke investor tak juga kelar hingga tujuh tahun lebih. Investor membangun pasar baru di atas lahan milik PTPN XI. Merasa ditelantarkan, sebanyak 699 orang pedagang menggugat Bupati MZA Djalal pada akhir 2012. Gugatan dimenangkan sebagian besar oleh pedagang. Pemkab Jember diwajibkan menganggarkan dana dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) untuk memberikan subsidi kepada pedagang agar bisa membeli lapak di pasar baru

Pelaku Beli Sound System Seharga Rp 122 juta Situbondo-HARIAN BANGSA Pelaku pembobol mesin ATM Bank Muamalat di Desa Sumberejo Kecamatan Banyuputih yang masih duduk di kelas XII SMA di Situbondo ini terbilang cerdik. uang dari hasil kejahatan membobol mesin ATM tidak hanya digunakannya untuk berfoya-foya namun pelaku membeli sound system berharga ratusan juta rupiah. Sound system tersebut dititipkan kepada temannya di Kecamatan Muncar, Banyuwangi untuk disewakan. “Beli sound 122 juta,” kata AH saat diperiksa di Mapolres Situbondo. Asni, orang tua pelaku me-

ngatakan, anaknya mengakumenjadi operator sound system milik bosnya. “Saya heran, kiriman uang sekolah disuruh ngirim setengah saja dan dia pernah bilang menjadi operator sound milik bosnya,” kata Asni. Sound system yang dioperasikan di Kecamatan Muncar Banyuwangi ini selanjutnya langsung disita sebagai barang bukti oleh petugas Mapolres Situbondo. “Seperangkat sound system seharga 120 juta lebih sudah kami amankan,” kata AKP Sunarto, Kasat reskrim Polres Situbondo. Tidak hanya itu, pelaku juga menggunakan uang hasil kejahatannya yang mencapai Rp 379

juta untuk membel i sepeda motor jenis CBR. Namun, saat diperiksa AH mengaku sepeda motor yang konon seharga 40 juta lebih sudah dijual tidak tahu keberadaan motor tersebut saat ini. “Saya tidak tahu apa-apa sepeda motor itu dimana,” kata Asni orang yang mengaku bekerja sebagai petani. AH mengaku sangat menyesali perbuatannya. Dirinya juga mengaku kecewa karena telah menyakiti hati kedua orang tuanya. “Pasti menyesal dan saya tidak akan mengulangi perbuatan itu lagi,” kata AH sambil menundukkan kepalanya. Selain dibelikan sound sys-

tem dan sepeda motor, pelaku juga mengaku meminjamkan beberapa uang hasil pembobolan di mesin ATM kepada beberapa temannya. Sementara dari tangan pelaku sendiri, petugas kepolisian berhasil menyita sisa uang sebesar Rp 10 juta. “Petugas juga menyita uang tunai sebesar Rp 10 juta,” kata AKP Sunarto. Pihaknya mengaku masih akan mengembangkan kasus pembobolan ATM di Desa Sumberejo itu. “Untuk sementara masih satu pelaku yang ditetapkan sebagai tersangka. Kasus ini masih kita kembangkan,” tegas Sunarto. (had/lan)

Sedekah Oksigen, TN Gelar Perkemahan Wana Bhakti Pramuka

Jam : 07.00 WIB Jam : 07.00 WIB Jam : 07.00 WIB Bondowoso, 27 April 2014

TTD TIM SELEKSI ANGGOTA KPU KABUPATEN BONDOWOSO 1. KETUA 2. SEKRETARIS 3. ANGGOTA 4. ANGGOTA 5. ANGGOTA

rekomendasi Pasar Kencong sudah termaktub dalam dokumen rekomendasi yang diserahkan kepada bupati. Pertengahan Agustus 2005, terjadi kebakaran yang meludeskan pasar terbesar di area Jember bagian selatan itu. Ratusan pedagang kemudian dipindahkan ke pasar penampungan di atas tanah milik PT Perkebunan Nusantara XI, sembari menunggu perbaikan pasar selesai. Namun perbaikan pasar yang diserahkan Pemerintah Kabupaten Jember

ATM Bank Muamalat Dibobol Rp 379 Juta

Dimohon kepada masyarakat untuk memberikan tanggapan berkenaan dengan nama - nama yang lolos seleksi administrasi baik secara lisan maupun tulisan. Bagi yang dinyatakan lolos seleksi adminitrasi harap mengikuti serangkaian tes sebagai berikut : TGL. 28 s/d 29 APRIL 2014 : Tes Kesehatan di RSUD. Dr.H. KOESNADI BONDOWOSO TGL. 30 April 2014 : Tes Tulis di Aula Hotel Palm Bondowoso TGL. 4 s/d 5 MEI 2014 : Tes Psicologi di Aula Hotel Palm Bondowoso

nya perbedaan penentuan harga jual. Oleh karena itu, Saudara Bupati segera melakukan langkah strategis dalam menyelesaikan persoalan tersebut. Khoirul Hadi, anggota Komisi B Bidang Perekonomian dari PKS, menginterupsi saat sidang hendak ditutup. "Ini rekomendasi soal Pasar Kencong belum dibacakan, mungkin terlewat. Mohon dibacakan," katanya. Ketua DPRD Jember Saptono Yusuf menolak permintaan itu. Menurutnya, tanpa dibacakan,

yang dibangun investor. Majelis hakim juga mewajibkan DPRD Jember agar menyetujui tukar guling lahan dengan PTPN XI. Tujuannya untuk memberikan kepastian hukum terhadap status tanah yang ditempati pasar baru tersebut. Namun, seiring waktu sebagian pedagang tetap menolak pindah ke pasar baru dengan berbagai alasan. Salah satunya karena mereka menolak verifikasi berdasarkan nama dan alamat yang dilakukan Pemkab Jember terhadap pedagang pasar korban kebakaran. Pedagang menuntut 699 nama yang terdata oleh Dinas Pendapatan Daerah Jember tahun 2005 dan menjadi dasar gugatan perwakilan kelas yang diakui. Berbarengan dengan penolakan pedagang, terjadi beberapa kali aksi teror bom molotov. Seorang yang tak dikenal melemparkan bom molotov ke pasar penampungan. Beruntung tiga kali kejadian tidak menimbulkan kebakaran serius. Selanjutnya, pada pada 30 Januari 2014 adalah hari pemindahan pedagang dari pasar penampungan ke pasar baru yang berjarak tak lebih dari 20 meter. Pembongkaran pasar penampungan di Kecamatan Kencong berjalan lancar tanpa perlawanan dari pedagang. (jat/lan)

: Dr. H. Mas’ud, S.Ag, M.Pd.I : Ahmad Junaidi, S.Ag, M.Pd.I : M. Syaeful Bahar : H. Nur Hidayat, Ir : Yanni Tuharyati, SH, MH

Banyuwangi-HARIAN BANGSA Taman Nasional Baluran melakukan sedekah oksigen melalui perkemahan Saka Wana Bhakti Pramuka, bertempat di Camping Ground setempat. Program yang digagas Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas itu berlangsung mulai Jumat 25 April hingga Minggu 27 April 2014. Acara yang diikuti oleh Saka Wana Bhakti se Kabupaten Banyuwangi ini, dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Pemkab Banyuwangi, Drs. Sulihtiyono, MM mewakili Ketua Kwarcab Banyuwangi Yusuf Widyatmoko. Selepas membuka perkemahan Saka Wana Bhakti Pramuka, Jumat 25 April 2014 pukul 17.30 WIB mengatakan bahwa saat ini telah terjadi pencemaran lingkungan dimana-mana. Begitu juga dengan rusaknya habitat tanaman akibat ulah manusia yang menebangi pohon sembarangan. “Kerusakan hutan dimanamana. Untuk menjadikan kebiasaan kita cinta lingkungan kan

yang dilaksanakan oleh Pemkab Banyuwangi, yakni gerakan sedekah oksigen.(bwi-1/lan)

Sulihtiyono bersama dengan tim dari Kwartir Cabang Pramuka Banyuwangi sedang berkeliling di sekitar tenda peserta perkemahan Saka Wana Bhakti, di Camping Ground Taman Nasional Baluran. foto: fransiscus wawan/HARIAN BANGSA tidak bisa begitu saja. Ada proses yang harus dilalui. Seperti pendidikan lingkungan sejak usia dini, hingga pemupukan sikap cinta lingkungan oleh semua pihak, terutama generasi muda,” ujarnya. Sulihtiyono menjelaskan, pemupukan sikap cinta lingkungan oleh generasi muda, salah satunya ditunjukkan oleh Taman Nasional Baluran dengan menggelar perkemahan Saka

Wana Bhakti Pramuka. Di dalam perkemahan tersebut, dikatakan juga oleh Sulihtiyono, ada gerakan menanam pohon di sekitar perkemahan dengan motto 1 orang tanam 3 pohon. Jenis pohon yang ditanam di sekitar perkemahan yakni jenis trembesi dan beberapa jenis pohon yang sesuai dengan habitat setempat. Hal ini sesuai dengan program

RUPA-RUPA RUPA-RUPA

RUPA-RUPA

RUPA-RUPA up*27/4-28/5/14

MINUMAN

AHLI GIGI

hw*13/4-14/5/14

AQUADEES MURAH BERKUALITAS Harga 13jt, 16jt, 23, 30, 39jt sd 99jt ATAU KERJASAMA TANPA BELI ALATJAMINAN Jaminan Bahan Baku Air Prigen dg Sumber & Mobil Tanki Sdri. Hub. Komp Ruko Cipta Menanggal 58 Sby Telp. 031-8295355, 77770776, 0817300776, 081232379770 fn*1/4-3/5/14

SINA WATER FILTER Sedia Alat Penjernih Air utk atasi air kotor, keruh, bau, warna pada air sumber/pam. Garansi Tabung 5 Th, Garansi Media 1 Th. Harga Terjangkau. Hub. 031-71249578, 7874951 fn*6/4-7/5/14

fn*9/3-8/4/13

fn*10/4-11/5/14

up*20/3-20/4/14

up*26/2-27/3/14

fn*11/4-12/5/14

JUAL ANYAMAN WEBBING ROTAN Spesialis Anyaman Antik Harga: Webbing Clos 3mm 38.000/m2, Webbing Clos Sendit 3mm 61.000/m2, Webbing Clos FOC 3mm 41.000/m2, Webbing Square 2,5mm 35.500/ m2, Webbing Open 2,5mm 60.000/m2, Anyaman 33 2,5mm 66.000/m2 Hub. Pak Yanto Telp. 031-70950008, 081332208448

hw*1/4-2/5/14

MEBEL JATI IHTIAR JAYA, Sedia Mebel Ukir dan Minimalis Mutu Bagus, Harga Murah, Terima Pesanan Bedroom SetKitchen Set, Revisi, Ganti Warna, Beklit dan Tukar Tambah. Jl.Kertajaya 45 A Sby Telp. 031-5031037, 70245757

hw*26/4-28/5/14

BASMI / ANTI RAYAP Hub: MTA PEST Telp. 031-71121675, 91640803, 08123250626 hw*26/4-28/5/14

JUAL / BELI ALAT FITNES Baru/Second Murah Hub: Kutisari Telp : 031-70761321, 71574200,Pratama Telp: 031-7521819, 0816521819,Pucang Anom Telp: 03177500065,33019867 (Devisi Olahraga)

hw*8/4-10/5/14

hw*10/4-11/5/14

“GIGI LANGSUNG JADI” Awet, Enak Dipakai Seindah Aslinya. Hub. 0318012259, 085646037676 Minggu, Hari Libur Buka !!! hw*26/4-28/5/14


9

HARIAN BANGSA

AHAD, 27 APRIL 2014

Tersangka Korupsi Bimtek akan Ditetapkan

Ditinggal Ngopi, Sepeda Motor Raib

RAIB. Yudianto kebingungan motornya raib saat ditinggal ngopi. (foto : jat) BOJONEGORO-Yudianto, Warga Dusun Goto Desa Margorejo Kecamatan Parengan Tuban kehilangan sepeda motor miliknya saat diparkir didepan tempat parkir Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sosodoro Djatikoesoemo, Bojonegoro kemarin (26/4). "Saat itu baru saja saya ke warung sebelah, setelah ngobrol sama pemilik warung saya lihat ternyata motor sudah tidak ada ditempat," ujarnya saat dilokasi kejadian. Saat itu ia menceritakan, memarkir kendaraan merk Honda Supra X 125 warna hitam bernomor polisi S 4131 CE berjarak sekitar 20 meter dari tempat ia ngopi dan tidak dikunci setir. Kondisi dilokasi saat itu sepi. Sekitar pukul 08.30 Wib saat ia menengok motor miliknya ternyata sudah raib. Mengetahui motornya tidak ada ditempat Yudianto yang mengantar keluarganya untuk berobat itu berusaha mencari motornya disekitar dan menanyakan warga setempat. Namun karena tidak membuahkan hasil ia langsung melaporkan kejadian yang baru saja ia alami ke Mapolres setempat. "Kemudian saya langsung melapor ke polisi," lanjutnya. Pihak kepol isian yang mendapat laporan kemudian langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) untuk dilakukan penyelidikan. Sementara, korban langsung dibawa ke Mapolres untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Hingga berita ini ditulis belum ada komentar resmi dari pihak kepolisian. Namun, lokasi tersebut memang sering terjadi pencurian kendaraan bermotor. (jat/nis)

Perusahaan Lokal Serap 13.402 Tenaga Kerja LAMONGAN-Saat ini di Lamongan telah berdiri 619 perusahaan dari berbagai jenis usaha. Ratusan perusahaan tersebut mampu menyerap tenaga kerja hingga 13.402 tenaga kerja. Kedepan, dengan semakin banyaknya penanam modal yang masuk di Lamongan, akan ada semakin banyak warga Lamongan yang bekerja di daerahnya sendiri. Satu perusahaan yang sudah pasti beroperasi di Lamongan, dan kini sudah dimulai proses pembangunannya adalah pabrik gula milik PT Kebun Tebu Mas (KTM) yang mendirikan unit usahanya d i wilayah selatan Lamongan. Dengan berdirinya usaha padat karya ini, dipastikan akan banyak menyerap tenaga kerja dari Lamongan. “Bupat i Fadel i memberi perhat ian lebih kepada penanam modal yang mau masuk ke Lamongan. Sehingga bel iau membuat berbagai kemudahan untuk investor. Karena pada akhirnya, masyarakat Lamongan yang akan merasakan manfaat dan bisa meningkat kesejahteraannya,” ujar Kabag Humas dan Infokom Mohammad Zamroni, kemarin. (ais/nis)

LOMBA DESAIN BATIK Siswa mengikuti lomba desain batik di Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan Lamongan, kemarin (26/ 4). Lomba desain batik itu diharapkan dapat menggali ide kreatif generasi muda dalam merancang motif batik, serta menumbuhkan kecintaan dan kepedulian generasi muda terhadap pelestarian dan pengembangan budaya batik serta diikuti 79 siswa SMP dan SMA. Hasil dari lomba tersebut akan digunakan untuk seragam pelajar siswa sekolah SD sampai SMA. (foto : ara)

Masyarakat Minta Polisi Hentikan Peredaran Video Mesum Tuban-HARIAN BANGSA Beredarnya video mesum salah satu siswi SMP di Tuban seminggu ini diresahkan masyarakat, khususnya para orang tua. Mereka berharap video tak senonoh tersebut segera dicegah peredaranya lebih luas. Video mesum berdurasi 26 menit 8 detik itu telah menyebar luas. Sebagian besar warga di 20 kecamatan wilayah Tuban telah menontonnya video tersebut melalui handphone seluler. Bahkan para warga yang cangkruk di warung kopi kerap membahasnya. Disisi lain mereka prihatin, namun tak jarang kerap dijadikan bahan candaan. Hal itu sungguh memprihatinkan bagi para orang tua diwilayah Tuban. "Orang-orang sini sudah dapat

(video mesum pelajar) seminggu lalu," ujar Saris (45) warga Kecamatan Bancar Tuban, saat dihubungi kemarin (26/4). Arif menambahkan, melihat penyebarannya yang sudah merata dan gampang didapat maka membuat sejumlah orang tua resah. Mereka khawatir video itu sampai di tangan putra-putrinya yang masih berusia remaja dan labil. "Saya prihatin, tapi kekhawatiran terbesar saya adalah penyebarannya yang sudah merata ke seluruh Tuban," tandasnya. "Ini (penyebaran video mesum) harus segera d icegah. Kalau sampai ditonton anakanak kan bahaya. Apalagi saya juga punya anak yang masih sekolah," lanjutnya. Para orang tua berharap, pihak

kepolisian segera turun tangan untuk mengungkap dan mencegah peredaran video mesum tersebut. Sebab bila dibiarkan menyebar luas ditakutkan bisa meracuni pikiran remaja. "Sampai terjadi seperti ini berarti ada sistem yang salah dalam mendidik pelajar. Mungkin pendidikan moral dan agama perlu ditingkatkan agar tidak terulang lagi," harapnya singkat. Sekadar diketahui, sebelumnya telah beredar video mesum di masyarakat Tuban. Video diduga diperankan sisiwi kelas 3 SMP dengan sang pacar yang diketahui merupakan penjaga warnet berusia 22 tahun. Dalam video itu keduanya melakukan hubungan intim layaknya suami istri di sebuah ruangan. (wan/nis)

Jurnalistik Diharap Jadi Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib Tuban-HARIAN BANGSA Kedatangan wartawan yang tergabung dalam Ronggolawe Press Solidarity (RPS) dalam memberi pelatihan jurnalistik di SMA N 1 Plumpang Tuban direspon baik oleh pihak sekolah. Sebab, pelatihan tersebut menambah pengetahuan dan wawasan kepada para siswa, kemarin (26/04). "Bersyukur atas hadirnya teman-teman wartawan. Karena bukan hanya menambah wawasan saja, akan tetapi juga memberi kepahaman tentang profesi kewartawanan," kata Bambang Bud iono SPd, guru Bahasa Indonesia SMA N 1 Plumpang saat ditemui HARIAN BANGSA. Menurutnya, pengetahuan dan wawasan tentang jurnalis

perlu diketahui para siswa. Karena ilmu jurnalis sangat luas. Sehingga dengan berbekal dari ilmu jurnalistik, siswa bisa semakin berkembang dan berfikir untuk maju. Tidak hanya itu, siswa juga semakin paham atas kinerja dari seorang wartawan. "Kalau sudah paham, maka secara otomatis akan kritis dan respon pada sesuatu yang baru. Selain itu, siswa juga bisa memilah mana yang baik dan buruknya terkait isu yang berkembang pada lingkungannya," ujarnya. Ditambahkan Bambang, hadirnya pelatihan jurnal istik yang digelar oleh RPS, diharapkan menjadi pondasi sekolah, agar jurnalistik menjadi kegiatan ekstrakuler yang wajib di-

ikuti para siswa. Dengan begitu, para siswa bisa berfikir kritis dan maju. Baik lingkup pelajaran maupun dalam kehidupannya sehari-hari. "Kalau pelatihan ini berdampak baik dan postif bagi siswa, ya sebaiknya dijadikan kegiatan ekstrakurikuler wajib ditiap-tiap sekolah," tambahnya. Sementara itu, ketua RPS Tuban, Khoirul Huda mengatakan sepakat apabila setiap siswa dibekali ilmu jurnalistik. Lebih bersyukur bila dijadikan sebuah kegiatan ekstrakuler yang wajib diikuti para siswa. Karena ilmu jurnal istik itu sanga luas. Terutama dituntut untuk berfikir kritis dan maju. "Kalau sudah berfikir kritis dan maju, maka siswa tersebut akan

JURNALISTIK. Siswa SMA N 1 Plumpang Tuban sedang diberikan ilmu jurnalistik. foto : suwandi/HARIAN BANGSA pintar dan cerdas serta tanggap pada sesuatu yang baru, khusus-

nya yang berada dilingkungan," ungkap Huda. (wan/nis)

TOUR & TRAVEL

JASA

Bojonegoro-HARIAN BANGSA Kejaksaan Negeri (Kejari) Bojonegoro akan menetapkan tersangka baru kasus dugaan korupsi dana bimbingan teknik (bimtek) dan sosialisasi perundang-undangan DPRD 2012, namun menunggu fakta persidangan. "Penetapan tersangka baru kasus dugaan korupsi bimtek dan sosialisasi perundang-undangan tetap akan kami lakukan dengan cara mengacu fakta yang muncul di persidangan," kata Kepala Kejari Bojonegoro Tugas Utoto, kemarin (26/4). Kejari setempat, sebelumnya telah menetapkan Wakil Ketua DPRD Abdul Wachid Syamsuri sebagai tersangka dugaan kasus korupsi dana bimtek dan sosial isasi perundang-undangan DPRD 2012. Ia, saat ini ditahan di Lapas Medaeng, Sidoarjo, sejak 18 Maret lalu. Sementara ini, menurut Kasi Intel Kejari Nusirwan Syahrul, pihaknya masih akan memintai keterangan sejumlah saksi dari anggota DPRD terkait kasus dugaan korupsi dana itu dengan tersangka Abdul Wachid Syamsuri. "Dua anggota DPRD akan kami panggil untuk dimintai keterangan, pekan depan," jelasnya. Sebelum ini, katanya, kejari juga sudah memintai keterangan sejumlah saksi dari DPRD, yaitu Wakil Ketua DPRD lainnya Suyuthi (PAN) dan Sukur Priyanto (Partai Demokrat). Anggota DPRD lainnya yang juga sudah dimintai keterangan yaitu Sigit Kushariyanto ( Partai Golkar), Budi Irawanto (PDIP). Kencono Mahardiko (Hanura), juga Sekretaris DPRD Agus Misnanto, terkait uang kembalian. "Kami masih menghitung berapa besar uang kembalian yang diterima pimpinan DPRD dan anggota DPRD dari pelaksanaan bimtek dan sosialisasi perundang-undangan DPRD itu," katanya, menegaskan. Di lain pihaknya, katanya, tujuh pengelola lembaga perguruan tinggi di Jakarta, Bandung, yang disebut-sebut terlibat dalam pelaksanaan bimtek dan sosialisasi perundangundangan DPRD 2012, karena masuk dalam laporan DPRD, juga sudah dipanggil untuk dimintai keterangan. "Tapi di antaranya, ada perguruan tinggi yang fiktif, bahkan juga ada stempel yang masuk dalam laporan hasil buatan sendiri," ujar Utoto, menegaskan. Sesuai data, alokasi dana bimtek tahun anggaran 2012 tersebut mencapai Rp6 miliar dan sosialisasi perundang-undangan DPRD Rp2,7 miliar. Dan dari laporan, DPRD setempat telah memanfaatkan enam kali bimtek dan empat kali sosialisasi perundangundangan DPRD dengan alokasi anggaran Rp 500 juta per bimtek atau sosialisasi perundang-undangan. (ara/nis)

Pendaftar Komisioner KPU Gresik 41 Orang Gresik-HARIAN BANGSA Hingga hari terakhir pengembalian formulir pendaftaran calon komisioner KPU Gresik pada 25 April 2014, ada 41 orang yang mengembalikan formulir. Jumlah pengambil formulir pendaftaran yang mencapai sekitar 100 orang. Meski begitu, menurut Ketua Tim Seleksi Abdul Chaliq jumlah tersebut sudah melebihi kuota yang ditentukan sejak awal, yakni minimal 30 orang yang mendaftar dan mengembalikan formulir. "Jumlah calon komisioner yang mengembalikan formulir memang hanya 41 orang, namun itu tidak masalah, sebab sudah melebihi batas minimal kuota yang ditentukan," katanya. Chaliq menuturkan, langkah selanjutnya yang dilakukan panitia adalah melakukan seleksi administrasi dengan meneliti setiap poin yang diwajibkan oleh calon komisioner. "Ada 14 poin kelengkapan yang harus dipenuhi calon komisioner, salah satunya surat bebas pidana dari pengadilan, dan bagi PNS atau pegawai BUMN wajib menyertakan surat pengunduran diri dari instansi dan ditandatangani pejabat selevel kepala dinas atau kepala badan," katanya. Dikatakannya, ketatnya syarat administrasi dibuat untuk menjaga netralitas anggota KPU nantinya, sehingga pesta demokrasi yang berjalan diharapkan tidak dipengaruhi oleh kepentingan anggota KPU. Selanjutnya, puluhan calon komisioner itu akan disaring menjadi 10 terbaik, dan dikirim panitia Provinsi Jatim untuk diseleksi dan perkecil menjadi 5 terbaik untuk menjadi anggota KPU Kabupaten Gresik. "Untuk panitia lokal Kabupaten Gresik hanya melakukan seleksi adminitrasi dan menjadikan 10 terbaik, kemudian penentuan lima terbaik dilakukan pantia Jatim untuk dipilih menjadi anggota KPU Gresik," katanya. (ara/nis)

JASA PENGOBATAN

KURSUS/PENDIDIKAN

“KASA” JASA BUAT LAPORAN PAJAK, Sistem ADM Keuangan & Privat Akuntansi / Pajak Utk Umum, Mahasiswa & Siswa (Teori / Praktek / Training) Telp. 085230477909, 0818562318, 085730101369

PENGOBATAN

hw*10/4-11/5/14

SHOOTING VIDEO & FOTO, Video 800 Rb, Foto 350 Rb / Roll. Hub: 031-78138567, 081805034567 - PinBB 768EOE8E up*26/4-27/5/14

JASA PEMASANGAN INSTALASI LISTRIK Hubungi: 031-71181041, 083831856914 up*26/4-29/5/14

PERCETAKAN up*25/4-25/5/14

Y

Yasco Training Center Jl. Raya Ngagel No. 163 Sby Telp. 031-70997550 Hp. 081 5531 57679 Fax. 031-8297934

Kesempatan mengikuti Training untuk membuka LAPANGAN KERJA dalam Bidang: 1. Montir Mobil. 2. Montir Diesel. 3. Montir Sepeda Motor. 4. Montir AC / Kulkas. 5. Montir Dynamo. 6. Montir TV/ Elektronika. • • • • • • ` `

PKBM AT-THOYIBAH Paket A,B,C (SD, SMP, SMA) Sumberejo I Gang I No.47 Pakal Sby Telp. 031-71201337, 031-7410227 hw*12/4-13/5/14

SEDOT WC

Gratis Baju Kerja & Bahan Praktek Rombongan baru Tgl. 3 Setiap Bulan

hw*26/4-28/5/14

fn*2/4-3/5/14

up*20/4-20/5/14

BIMA SEDOT WC Limbah Lumpur Hub. 031-3291975, 08123002134 Melayani Luar Kota

PARANORMAL

fn*26/4-28/5/14

fn*24/3-24/4/14

CV MITRA SEDOT WC Hub : 8791356/ 8712042, 24 Jam. Hari Minggu & Hari Besar Tetap Buka ada Discount.!!

fn*10/4-11/5/14

up*26/3-26/4/14

MENOLONG Sembuhkan Berbagai Penyakit dan Kanker di Rumah Hub: 082302174123 dan SMS 031-71615383

fn*2/4-3/5/14 hw*11/4-13/5/14

fn*6/4-7/5/14

fn*1/4-2/5/14

up*4/4-5/5/14

fn*7/4-8/5/14

BANK

SUSUN : SPT PAJAK, Neraca, Rugi Laba, Audit, Izin, Perusahaan. Hub: 03172001505

“ALSO PRODUCTION” Terima Ongkos Cetak 1/2 Plano Full Colour Uk.64x46, Cepat dan Murah, Juga Melayani Cetak Buku, Kalender 2014, Bulletin, Packaging, Nota, Kaos, Banner, Stiker, Poster, Cont.Form, dll. Hub. 031-70475803

SULAM ALIS 3D,4D,6D 900-1,5 Jt Terima Kursus Sulam Alis Hub: 031-7325475 / 081938361555,PIN BB : 23a47305,Darmo Indah Selatan Blok KK No.72 SBY

KREDIT UANG TUNAI Tanpa Jaminan 5200 Jt, Syarat KTP + Kartu Kredit Proses 2 Hari atau dengan Jaminan BPKB Hub: Sungkono 19 Telp. 082139550029

up*15/4-16/5/14

hw*21/3-21/4/14

hw*27/3-27/4/14

up*15/4-16/5/14

JASA


HARIAN BANGSA

AHAD, 27 APRIL 2014

10

Tips & Trik Memancing Memilih Spot IKAN nila hidup di segara lokasi. bisa di tambak, kolam, danau, waduk, atau sungai. Pertama yang dilakukan adalah, memilih tempat memancing yang airnya gak pernah surut hampir sepanjang tahun, dengan kedalaman minimal 1 meter. Semakin kedalaman tinggi, sangat mungkin ikan nilanya juga ukurannya babon (besar)). Yang jelas, keinginan makan pada ikan nila cukup besar, ketika ketersedian oksigen adalma air juga tinggi. Maka, carilah lokasi yang ada air mengucur dan menciptakan banyak gelembung udara. Dengan demikian, kandungan oksigen di sekitar itu, cukup tinggi. Sementara itu, biasanya, ikan nila ukuran babon senang tinggal di dasar waduk, kali atau danau. Mereka hidup di lubang-lubang. Tetapi, mereka enggan memakan umpan. Jika Anda membidik ikan nila ini, pastikan spot yang anda pilih cukup bersih dari sampah atau kayu-kayu di dasar spot. Yang pasti, jika Anda memilih untuk memancing ikan babon di dasar ini, pakailah pemapung bulu merak. Atur jarak mata kail dan pemberat sedemikian rupa dengan pelampungh bulu merak. Sisakan separuh pelampung bulu merak terlihat di permukaan. Tarik pelan-pelan, ketika pelampung lebih masuk ke dalam, atau bahkan tenggelam keseluruhan, maka di situ ada rumah ikan nila babon. Biarkan. Ikan nila babon ini jenis ikan yang suka kebersihan. Jika ada benda asing masuk ke sarangnya, maka, akan dihisap, lalu dikeluarkan dari sarang. Saat itulah Anda menyentak joran. Juga lihat suhu airnya. Jika terlalu dingin atau panas, dijamin ikan nila enggan makan, karena mereka lebih berkonsentrasi mengatur pernafasan untuk mendapatkan oksigen yang cukup. Untuk itu, carilah lokasi yang cukup teduh. Biasanya, ikan nila menggerombol di situ. Ikan nila juga suka hidup di antara celah-celah, atau sampah kayu. Jika anda menemukan ada pohon yang tumbang ke spot, di situ kemungkinan banyak ikan nilanya. Tak kalah penting adalah, warna air. Jika warna waduk kehijauan atau coklat tua, jangan harap Anda bisa memancing dengan hasil tangkapan banyak. Ikan nila lebih rakus ketika kondisi air cukup jernih, dan di kedalaman sekitaran 1 sampai dua meter. Ketika memancing di kali, carilah persimpangan kal i, atau tempat saluran pembuangan air limbah rumah tangga. Biasanya, ikan nila berkerumun di situ. (ros/berbagai sumber)

Ikan Nila Ikan nila adalah varitas baru dari ikan mujair, dewasa ini banyak jenis ikan nila, ada gips, nila biru, nila merah, nila batu, nila hitam dll. IKAN nila termasuk ikan predator dengan tingkat resistensi yang tinggi, ia bisa hidup dan berkembang pada perairan rawa, air payau di daerah pasang surut sampai di pegunungan, sebetulnya ikan nila (mujair) bukanlah asli ikan Indonesia menurut beberapa teori ia berasal dari Afrika melintas laut sampai di Indonesia dan ditemukan petama kali oleh pak Mujair jadilah nama ikan tersebut d i Indonesia sebagai ikan mujair. Mancing ikan nila gampang-gampang susah, kalau ia lagi mood begitu pancing

d ilempar langsung d isogotnya sayangnya mood ikan ini tidak setiap waktu, kalau ia sedang mogok makan walaupun umpan dilempar di depan mulutnya ia cuek aja, alih-alih makan umpan ia malah kabur, sungguh menjengkelkan, tapi kalau anda tau triknya ternyata mancing nila sangat mudah walaupun ia lagi mogok makan. Kuncinya adalah pada umpan. Yang palimng favorit adalah lumut. Meski begitu, ikan nila sesungguhnya lebih menyukai tumbuh-tumbuhan, seperti daun talas, daun singkong, rumput, termasuk lumut, meski sesungguhnya juga termasuk ikan pemakan segala/ Omnivora seperti kita. Lumut yang d imaksud adalah berwana hijau dengan bentuk seperti gumpalan rambut, lumut seperti itu

JIKA kita menusukkan kroto sebagai umpan, tentu ini menyulitkan dan menghabiskan waktu. Yang paling umum adalah, memasak tepung kanji yang sudah dicampur kroto, hingga sangat pekat. Hanya saja, ketika Anda memasaknya hingga muncul aroma gosong, maka dijamin acara mancing Anda akan sia-sia, karena ikan nila enggan menyantap. Teknik memasang kroto terbaru adalah, dengan memberi tal i warna dari bahan katun warga putih sepanjang 3 - 5 cm, di lubang mata kail. Biarkan menjuntai. Ketika memasang umpan, ambil sedikii kroto, lalu remasremas kroto itu di tali dari katun tadi. Maka aroma tali tadi seperti kroto. Ambil lagi sedikit kroto, taruh di sekitaran mata kail, dan gulung tali tadi, hingga menyisakan ujung mata kail yang tajam. Maka, umpan Anda akan awet meski berkali-kali dilempar ke spot. (ros/berbagai sumber)

MEMANCING nila, pada prinsipnya sama dengan memacing ikan apa saja. Hanya saja, ketika memancing pakai umpan lumut, tentu disarankan tak banyak gerakan yang tak perlu saat melempar umpan. Jika memancing nila pakai lumut, disarankan memakai joran tegek, yang panjangnya d isesuaikan dengan spot memancing. Umumnya, hanya butuh sekitaran 3,6 meter saja. Dengan susunan dari joran, tali pancing pakai ukuran kecil saja

yang penting kuat, pelampung juga disarankan ukuran kecil saja. Sebab, ikan nila akan me-

tegek

nyedot lumut umpan. Maka, gerak ikan sangat lembut. Begitu pelampung agak tenggelam sedikit saja, anda bisa menarik, juga dengan cukup lembut, maka nila akan menggelepar. Di dekat mata kain, kasih sedikit pemberat, sehingga posisi pelampung nyaris tenggelam semua, dan hanya menyisakan ujungnya saja. Untuk mata kain, disarankan pakai rangkaian lebih dari tiga. Cara menyusunnya, berantai ke bawah. Harapannya, lumut tidak mudah habis ketika dilempar ke spot. Untuk ukuran kail, pilih nomor 3, sudah cukup untuk menarik nila babon. Jika memancing dengan umpan selain lumut, pada prinsipnya sama dengan cara memancing ikan lain. Hanya saja, rangkaian yang digunakan seperti memancing bandeng, yaitu bandul di bagian bawah,

Karakter Umpan 1. Lumut. Ada beberapa jenis lumut. Lumut yang lazim dipakai adalah lumut kali atau lumut sawah. Bentuknya halus seperti rambut, dan berwarna hijau tua. Lumut ini banyak hidup di selokan yang mengalir. Atau di sawah-sawah. Jika Anda memakai lumut ini, semua jenis nila akan menyantapnya. Mulai dari yang ukuran kecil 2 jari, hingga yang babon. Hanya saja, karena populasi ikan nila kecil lebih banyak, maka, sangat mungkin umpan anda disambar nila kecil dulu daripada nila babon. Lumut lain untuk membidik nila babon adalah, lumut tambak air payau. Teksturnya kasar, warnanya hijau muda. Lumut kasar ini, bisa diperhalus dengan memberikan sedikit garam di wadah lumut. Hanya saja, lumut cepat mati. Ikan yang menyambar umpan ini, umumnya nila babon. Ciri khas nila saat menyantap lumut umpan adalah, gerak pelampung sangat halus. Bahkan nyaris tak terasa. Jadi, ikan nila menyantap umpan anda, dengan cara menyedot.

3. Udang kecil (rebon), cukup ditusukkan di bagian dekat ekor, dan jangan terkena urat punggungnya, agar udang tetap hidup. Bisa ditusukkan dua atau tiga udang hidup. Udang akan tahan hidup lama, ketika ditaruh di wadah yang gelap, dan teduh. Bila perlu, bikin wadah dengan lubang-lubang kecil dan ada tutupnya yang rapat, lalu masukkan ke air tempat anda memancing.

pelampung kecil

Pelampung bulu merak dan di atasnya dirangkai dua atau tiga bahkan l ima mata pancing, dengan jarak sekitaran sepuluh cm. Bisa pakai pelampung atau t leseran. Tentu saja cukup mudah pakai pelampung karena begitu

Perangkap udang rebon

Menangkap Udang Rebon

Lumut sawah

1. Umpan lumut Umpan lumut, idealnya memang alami tanpa pemberian aroma. Tetapi, pada kondisi tertentu, ikan lebih memil ih yang beraroma. Caranya, tetesi esens. Esens sendiri, banyak dijual di toko pancing. Dan berbagai aroma. Yang standar, ikan nila suka aroma esen coya. Esen ini cukup jitu dipakai dalam kondisi air cukup hangat dan matahari bersinar. Ketika masih pagi atau suhu dingin, esens yang menjad i favorit pemancing adalah cocopandan dan pisang ambon. Seninya, adalah bagaimana Anda meramu esen sehingga ikan mau menyantap umpan anda. Setiap spot kesukaan ikan lain-lain. Coba temukan. Setidaknya, yang umum adalah, Dua tetes cocopandan, setengah sendok teh vanili, dua tetes coya, dan dua tetes stawberi. Cacing merah

2. Cacing. Cacing yang disukai ikan nila adalah cacing merah, atau cacing yang hidup d i batang pisang yang sudah membusuk. Cacing ini mudah putus, jad i Anda harus sering-sering memasang umpan.

Kroto

tenggelam, langsung hentak. Ketika pilih tleseran, lihat gerak tal i pancing. Ket ika bergerak tegang, atau ujung joran bergerak, hentak. Itu tandanya umpan d isantap. (ros/berbagai sumber)

Esen (Aroma) yang Disukai Nila

Untuk memancing nila, selain mengandalkan umpan alami, tentu butuh treatmen agar umpan disambar. Yaitu dengan pemberian aroma.

4. Kroto. Pilihlah kroto yang masih baru dipanen. Ketika anda bau, aroma kroto itu cukup segar, dan ada nuansa kecut. Selain itu, ada semut rangrangnya yang masih hidup. Setiap butirnya terlihat padat berisi. (ros/berbagai sumber)

Siapkan satu botol minuman mineral. Potong 15 cm dari mulut botol. Tangkupkan terbalik dengan mulut botol di bagian dalam. Biarkan mulut botol dalam kondisi terbuka. Kasih luang kecil-kecil di bagian dasar botol. Juga tali cukup panjang siapkan. Saat memancing, kasih sedikit roti di dalam perangkap, kasih batu agar tenggelam, dan masukkan air di dekat memancing yang cukup dangkal. Biarkan agak lama. Angkat. Maka, ada udang-udang kecil yang masuk jebakan. Udang inilah yang kita pakai untuk memancing. Siapkan wadah udang yang sudah diberi air, taruh di tempat teduh agar udang tidak mati. Maka, kita tidak pernah kehabisan umpan. (ros/berbagai sumber)

makanan keseharian nila, karena memang hidup di air tawar. Disarankan memakai udang yang masih hidup. Hah? Tentu sulit mendapatkan udang hidup. Mudah kok, bisa d ibaca d i bagian lain halaman ini. Kalau pun udang tak disambar, ada umpan lain, yaitu kroto. Tentu anda berfikir, betapa sulitnya menusukkan kroto yang kecil ke mata kail? Ada trik sederhana, bagaimana agar kroto tetap nyantol di mata kail kita. Lihat juga di bagian lain halaman ini. Dan tentu saja, makanan all round, yaitu cacing. Tentu saja, tidak begitu saja cacing dijadikan umpan, tapi butuh treatmen tertentu agar ikan nila benarbenar rakus. Semua akan disampaikan secara gamblang, di halaman ini. (ros/ berrbagai sumber)

Peralatan Memancing Nila

Joran

Memasang Umpan Kroto

bisa kita dapatkan dengan mudah, karena biasanya lumut tumbuh pada genangan air yang cukup lama tak tersentuh manusia, seperti genangan bekas kolam ikan yang tak terpakai, sawah yang baru ditanami padi/yang masih terdapat airnya. Kadang kita dibuat pusing karna kadang lumut yang kita temui berbentuk kasar/kaku, atau malah sangat lembut, disini perlu diketahui bahwa jenis lumut tersebut juga mempengaruhi hasil dari ikan yang kita pancing, karna biasanya ikan besar lebih menyukai lumut kasar/ kaku, sedang ikan kecil lebih menyukai lumut halus. Ketika umpan lumut tak disambar, kita bisa beralih ke umpan udang kecil/ rebon. Udang-udang ini termasuk

Di sisi lain, kita juga bisa memakai esens alami. Yang kerap digunakan adalah air rebusan bekicot, memberikan mentimun, atau juga memberi dua atau tiga buah nangka. 2. Cacing Ada baiknya Anda merencanakan mancing nila seminggu sebelumnya. Yaitu dengan membeli atau mencari cacing merah terlebih dahulu. Siapkan pot bunga ukuran sedang, kasih tanah. Bagian bawah dan sekeliling permukaan atas kasih sabun colek warna biru, agar cacing tak kabur. Masukkan cacing merah, kasih tanah sedikit, lalu taruh beberapa iris semangka (kurang lebih 200 - 300 mg). Biarkan selama satu minggu, agar cacing merah menyantap semangka itu. Barulah dipakai untuk memancing nila. Sekedar informasi. Jika buah yang jadi makanan cacing melon, biasa digunakan untuk mancing lele dan bawal. Buah Mangga untuk mancing bawal. Durian untuk mancing patin. Jika memancing di alam liar, juga bisa diberi ampas kelapa. (ros/berbagai sumber)


11

HARIAN BANGSA

AHAD, 27 APRIL 2014

Jokowi: Koalisi PKB-PDIP Segera Final Jakarta-HARIAN BANGSA Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Joko Widodo (Jokowi) membenarkan, partainya sudah hampir mendekati final menggalang koalisi dengan PKB. Namun masih ada beberapa hal yang perlu dibicarakan untuk mencapai titik temu. "Ya finalisasi itu masih perlu ketemu. Artinya belum final," jelasnya di depan rumah dinas gubernur DKI Jakarta, Jalan Taman Suropati No. 7, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (26/4). Jokowi mengharapkan, agar koalisi antara PDI Perjuangan dan PKB dapatsegeraterjalin."Ya,pengennya kita ini-kan semua bisa diselesaikan secepat-secepatnya tapi kan prosesnya gak secepat itu," ungkapnya. Jokowi menegaskan, permasalahan yang menjadi kendala tidak hanya mengenai capres dan cawapres. Karena masih membahas mengenai pemikiran,

Soal UN... Sambungan dari halaman 1 "Pembayarannya dari siswa kepada pelaku d icicil sejak beberapa bulan sebelum Unas," tandasnya. Sejak awal, lanjut Kapolrestabes lulusan Akpol 1988 itu, pelaku menjanjikan bocoran kunci jawaban UN SMP kepada siswa kliennya. Sejumlah uang diminta jauh sebelum pelaksanaan UN. Namun, transaksi terhenti karena keburu diendus polisi. Ditanya soal pelakunya apakah sama dengan pembocor kunci jawaban UN SMA, Setija menjawab, "Pelaku utama (pembocor UN SMA) saja belum tertangkap," ujarnya. Pol isi, lanjut Setija, juga sudah melakukan langkahlangkah penghentian kemungkinan bocoran kunci jawaban UN SMP beredar. Yakni dengan mengunci atau memblokir email dan server-sever yang digunakan pelaku untuk menyebarkan bocoran naskah dan kunci jawaban UN SMP tersebut. "Persoalan ini akan dibongkar semuanya," katanya. Sementara itu, untuk pengu-

Rumah Hadi... Sambungan dari halaman 1 Mobil mewah tersebut diantaranya adalah Nisan Serena, Sedan Toyota Crown, Toyota Innova. "Bapak ada di dalam, lagi istirahat di dalam," ucap salah satu petugas keamanan dengan mengenakan pakaian Safari. Hadi Poernomo ditetapkan sebagai tersangka kasus keberatan pajak BCA tepat pada

Pelaku... Sambungan dari halaman 1 Namun pelaku tidak tahu nama korban tersebut. Polisi berencana mengumpulkan foto seluruh anak TK tersebut untuk mengonfirmasinya kepada korban. Sebelumnya, seorang murid sekolah di taman kanak-kanak JIS, Jakarta Selatan, berinisial AK (6 tahun) menjadi korban pelecehan seksual d i toilet sekolah. Ibu korban, menduga pelaku merupakan petugas kebersihan di sekolah tersebut dan lebih dari dua orang. Ibu korban, T, melaporkan dugaan kekerasan seksual terhadap anaknya ke Polda Metro Jaya berdasarkan laporan polisi nomor: TBL/1044/III/

Sambungan dari halaman 1 Rhoma juga mengungkapkan, militansi pendukungnya termasuk kaum ulama, yang mempromosikan dirinya, itu tanpa dibayar sepeser pun. Rhoma mengatakan dirinya melihat sendiri kaum ulama, termasuk ulama NU bekerjasama lewat mil itansinya untuk mendukung pencapresannya. Menurutnya, ada ulama

Sholawatan... Sambungan dari halaman 1

Jokowi diantara pengurus PKB. gagasan, agenda ke depan untuk bangsa dan negara seperti apa. "Selalu saya sampaikan bahwa

kita ini ingin ke depan itu 240 juta rakyat itu lebih baik. Lebih sejahtera karena kita ini berasal

dari rakyat, sumber kita dari rakyat dan kekuatan dari rakyat," tutupnya. (mer/dur)

Suara PKB Naik Lebih 300 Persen Pontianak-HARIAN BANGSA DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bersyukur, bahwa perolehan suara pada Pemilu 2014 mengalami kenaikan signifikan. Bahkan di Provinsi Kal imantan Barat mencapai lebih dari 300 persen dibanding pemilu sebelumnya. "Kenaikan di tingkat nasional tentu tidak terlepas dari kepercayaan masyarakat terhadap PKB di Kalbar. Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan tersebut," kata Wasekjen DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Daniel Johan saat dihubungi di Pontianak, Sabtu. Ia melanjut kan, seluruh komponen di dalam tubuh PKB bertekad akan menjaga kepercayaan yang sudah diberikan oleh masyarakat dengan sebaikbaiknya. "Itulah inti yang harus dijawab seluruh kader, khususnya caleg PKB yang berhasil, termasuk saya. PKB ada

Tidak Marah...

dan besar karena rakyat, karena itu PKB akan menjawabnya dengan pengabd ian yang sungguh-sungguh kepada rakyat," kata dia. Daniel Johan termasuk dalam 10 calon anggota DPR RI yang bakal mewakili Kal bar pada periode 2014 - 2019. "Semua caleg yang berhasil harus menjaga kursi ini dengan sebaiknya, untuk dan demi rakyat Kalbar. Ini bukan kursi pribadi," katanya menegaskan. Ia sekaligus mengulang pesan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yang mengucapkan terima kasih kepada seluruh kader dan tim sukarelawan yang telah berjuang memenangkan hati rakyat. Menurut dia, tanpa mereka, PKB mungkin tak akan sebesar ini. "Karena perjuangan mereka yang tanpa lelah menyapa masyarakat sampai ke desadesa pedalaman," ujar Daniel.

Ia juga mengucapkan selamat kepada PDIP sebagai pemenang Pemilu di Kalbar. PKB, lanjut dia, siap mengemban tugas dan kepercayaan rakyat untuk membangun desa dan memperjuangkan aspirasi rakyat Kalbar di Pusat. "Kami siap bekerja sama dengan seluruh partai khususnya dengan sahabat caleg lain yang berhasil lolos ke parlemen untuk kemajuan Kalbar," kata dia. Ia mengajak untuk semua sal ing bekerja sama karena secara pribadi dan partai, ia dan PKB hadir untuk kepent ingan masyarakat Kal bar seluruhnya. "Dan kami siap menjadi jembatan ke pusat dan mitra yang baik dari gubernur, bupati, dan wali kota demi kemajuan Kal bar dan masyarakatnya," katanya melanjutkan. Ia juga menyampaikan permohonan maaf bila selama

pencalonan ada kekurangan dan dianggap salah namun bukan untuk mengecewakan rakyat. Hal itu d ikarenakan keterbatasan khususnya kemampuan finansial. Namun ia bangga dengan rakyat yang sudah memilih. "Suara PKB adalah suara murni rakyat. Jadi kemenangan PKB harus menjadi kemenangan rakyat," kata Daniel yang juga Korwil PKB Kalbar ini. Pada kesempatan itu, Daniel juga mengucapkan terima kasih kepada KPU dan media yang sudah banyak membantu mengkampanyekan pemilu bersih melalui pendidikan politik yang berbasis visi, kerakyatan, dan penolakan terhadap pol itik uang demi Indonesia yang lebih baik. Partai Kebangkitan Bangsa mendapat 117.937 suara pada Pemilu Legislatif Tahun 2014 di Kal bar dan mendapat satu kursi. (nas/rol/dur)

sutan kasus bocornya kunci jawaban UN SMA, Satreskrim Polrestabes Surabaya sudah memeriksa sekitar 18 saksi untuk dimintai keterangan. Setija mengungkapkan, penyidik sudah menemukan alur dan jalur permainan Joki lain dalam kasus ini. Temuan lainnya, ada beberapa server digunakan pelaku di luar server yang sudah diamankan penyid ik. "Artinya komplotan pembocor kunci jawaban Unas ini banyak," ungkapnya. Menurut mantan Kapolres Sidoarjo itu, pihaknya terus mendalami keterlibatan pihak lain, termasuk orang dalam dan alumni sekolah siswa yang menerima bocoran. Sebab, lanjut dia, transaksi bocoran kunci jawaban UN terjadi setiap tahun dan turun-temurun. Pihaknya juga menunggu naskah soal dan kunci jawaban UN SMA yang d iminta ke Kemendikbud. "Untuk dicocokkan dengan kunci jawaban yang disita pol isi," ujarnya. "Semoga dalam waktu dekat terungkap," tambahnya. Mendikbud M Nuh mengakui dirinya bukan hanya menemukan jawaban Ujian Nasional

(UN) tingkat SMA yang bocor, namun d irinya pun sudah menemukan naskah soal UN SMA yang bocor di Bandung pada H-3 UN pada 16 April lalu. Pengakuan ini disampaikan Nuh saat menghad iri pembukaan acara Workshop dan Festival Astrofotografi di JX International Surabaya, kemarin (26/4). "Ini yang bocor malah soalnya, bukan kunci jawabannya. Kalau d isini (Surabaya) yang bocor kan kunci jawabannya. Saya sudah panggil puspend ik untuk meneliti, ternyata naskah UN itu tidak ada dalam UN 2014. Tidak satupun dari 20 paket soal UN yang sama dengan bocoran soal yang beredar itu. Makanya, siswa jangan mau tertipu dan d iiming-iming. UN itu bisa menjadi ujian kejujuran siswa, karena ujian kejujuran itu justru saat kepepet (terjepit)," kata Nuh. Menurut dia, kejujuran dalam kondisi tidak kepepet itu wajar, tapi kejujuran itu akan bagus bila dalam kond isi kepepet masih mampu bersikap jujur. "Kalau tidak jujur dalam kondisi kepepet, maka dia belum teruji," tandasnya.

Dikatakan dia, ujian itu ibarat orang yang melompat galah, tentu tidak semua orang bisa. Kalau bisa berarti sempurna atau nilainya 100, tapi kalau belum bisa tentu hal itu juga real istis. "Itulah tantangan dalam ujian, karena dengan kesulitan akan membuat orang berusaha. Kalau tanpa tantangan, maka hidup ini menjadi tidak baik," tandasnya. Namun, sulit atau tidaknya sebuah soal itu t idak harus menjad i keluhan, karena soal itu sah adanya bila ada dalam kisi-kisi. Disinggung mengenai salah satu soal UN SMA yang menyingung-nyinggung nama Jokowi, Nuh malah balik bertanya kepada wartawan. "Anda tahu kapan soal UN SMA itu dibuat? Soalnya d ibuat Jul i 2013. Jadi pada saat itu Jokowi belum dicapreskan. Lalu kami dinilai tak sensitif terhadap situasi politik dengan adanya soal itu. Lalu, bagaimana jika pada soal itu ada nama-nama lain yang ternyata sekarang ini dicapreskan, apakah reaksinya sama? Kami telah menanyakan hal ini kepada tim bagaimana soal itu dibuat," pungkasnya. (yan/sal/nis/dur)

hari dia pensiun sebagai Ketua BPK. Dia disangka dalam kasus penyalahgunaan wewenang saat menjabat Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan periode 2002-2004. Sebagai Dirjen Pajak, d ia menerbitkan surat keberatan pajak nihil (SKPN) PT Bank BCA Tbk pada 2004 yang berpotensi merugikan negara sebesar Rp375 mil iar. PT Bank BCA mengajukan surat keberatan pajak kepada

Direktorat Pajak Penghasilan (PPH) Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan pada 17 Jul i 2003 karena memiliki nilai kredit bermasalah atau non-performing loan sebesar Rp5,7 tril iun. Pada 13 Maret 2004, Direktur Pajak Penghasilan (PPH) mengirim surat kepada Dirjen Pajak Hadi Poernomo tentang hasil telaah terhadap surat keberatan pajak PT Bank BCA dengan kesimpulan menolak

permohonan keberatan wajib pajak BCA. Namun, satu hari sebelum jatuh tempo untuk memberikan keputusan final terhadap surat keberatan pajak BCA, yaitu pada 18 Jul i 2004, Hadi memerintahkan Direktur PPH melalui nota dinas untuk mengubah kesimpulan telaah. Nota dinas dari Hadi mengubah hasil telaah terhadap surat keberatan pajak PT BCA menjadi menerima surat keberatan itu. (okz/dur)

2014/PMJ/Ditreskrimum tertanggal 24 Maret 2014 terkait dugaan pelanggaran Pasal 82 UU Nomor 23/2002 tentang perlindungan anak. Penyidik Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya terus menyelidiki temuan baru kasus pelecehan seksual di Jakarta International School (JIS). Lima orang sudah ditetapkan tersangka dan satu orang masih dalam penyelidikan. Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Heru Pranoto mengatakan, dari pengumpulan lima tersangka tersebut polisi menghimpun tujuh peristiwa.ÿ"Tujuh persitiwa terbagi dalam beberapa hari. Ada dalam satu hari itu dua peristiwa," kata dia, Sabtu (26/4). - 2 Februari 2014 berlokasi di

toilet anggrek dengan pelaku ZA, AW, SY, dan satu pelaku yang masih diselidiki. Korbannya AK. - 3 Februari 2014 berlokasi di toilet anggrek dengan pelaku AW, ZA, AG, dan SY. Korban AK. - Sekitar Februari berlokasi di toilet anggrek dengan pelaku AW, AF, AG. Korban AK. 14 Maret 2014 berlokasi di toilet anggrek dengan pelaku ZA, AF dan satu yang masih dicari. Korban masih AK. Mereka berperan saling membantu. - 17 Maret 2014 berlokasi di toilet anggrek dengan pelaku ZA, SY, dan satu pelaku yang dicari. Korban AK. - 20 Maret 2014 ada dua peristiwa. Temuan terbaru karena korbannya tidak dikenal oleh para pelaku. Berlokasi di toilet jimnastik. Pelakunya AW, SY, dan

satu orang yang dicari. Mereka sal ing membantu. Peristiwa selanjutnya, masih berlokasi di toilet jimnastik dengan pelakunya AW, dan AG, serta korbannya tidak dikenal. (rol/okz/dur)

Ia mengimbau, jangan sampai masyarakat mudah dipecah belah hanya gara-gara persoalan politik. Beda pandangan dalam dukung mendukung calon presiden, jangan sampai membikin runyam. "Kita harus bersatu dalam satu barisan jamaah salat. Salat kita pasti diterima bila dikerjakan berjamaah. Begitupun dalam menegakkan NKRI harus merekatkan persatuan dan

Yang Pertama... Sambungan dari halaman 1 Yang semakin membanggakan, ungkap Fadli Zon, pencapaian Mujiono membuat Indonesia lebih cepat setahun d iband ing Malaysia dalam upaya menancapkan bendera di puncak ketinggian 8.848 meter di atas permukaan laut itu "Pak Asmujiono ini juga adalah orang yang pertama kali meneriakkan kalimat Allahu Akbar di Puncak Everest," kata Fadli di Jakarta, Sabtu (26/4). Riwayat hidup Asmujiono sebenarnya sangat memprihatinkan. Dia dilahirkan dari keluarga petani. Ayahnya wafat saat ia masih bayi. Sedangkan

Bicara... Sambungan dari halaman 1 belum lama ini bercerita banyak soal kiprahnya di dunia tarik suara, dan juga akting. Ditanya hal-hal yang pribadi seperti sudahkah ia memiliki pacar? "Yah kepo deh nih," ungkapnya seraya tertawa lepas. "Ya, bisa dibilang ada lah pacar," sambungnya lagi. Ashilla terlihat salah tingkah saat d itanya tentang keka-

Poros... Sambungan dari halaman 1 Sebelumnya, pesimise atas munculnya poros Islam itu disampaikan Ketyua DPP PKB, Marwan Jakar. Saat ni. Katanya, masing-masing parpol sudah punya capres ataupun arah koalisi masing-masing sehingga sulit untuk disatukan. "Ragu-ragu poros baru, dalam realitas politik kalau ini keraguan itu ada, bahkan cenderung galau. Kalau galau, bisa saja bubar. PPP sudah koalisi duluan. PAN, PKS sudah punya calon. PKB juga punya calon. Untuk menyatukan ini kok sangat berat atau galau," kata Marwan. Marwan juga meragukan ketulusan parpol-parpol Islam bila nanti bersatu. Bisa saja persatuan itu hanya manuver demi kepentingan masingmasing partai. "Parpol Islam belum bisa bersatu. Apa ini sangat tulus untuk bangun bangsa atau tendangan pisang politik untuk dukung capres tertentu? Mudah-mudahan pertemuannya tulus ikhlas, tapi ada juga yang bilang ada agenda tertentu," ujarnya. Menurut Marwan, ada beberapa kendala bila partai Islam mau berkoalisi. Ada masalah finansial karena Pilpres butuh dana yang sangat besar. Ada juga masalah tokoh yang elektabilitasnya kurang tinggi. "Belum ada tokoh Islam yang bisa menandingi tokoh nasio-

Matt... Sorga... Sambungan dari halaman 1 "Tentu saja belum, kan. Ulama maupun teroris itu kan juga belum pernah ke surga. Mereka itu yang jelas bukan mati syahid, tapi mati sakit." "Kalau pun mereka masuk surga, mereka akan menyesal bertemu bidadari, karena kepalanya masih tertinggal di dunia dan ditahan polisi," lanjut Gus Dur cengengesan. (her/dur)

Sambungan dari halaman 1 Tidak hanya istrinya, ayah Matt juga d ikabarkan telah menetap di Bali. Matt pun sudah beberapa kali berkunjung ke Pulau Dewata. Matt bahkan dikabarkan memiliki sebuah vila di daerah Canggu Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung. "Polisi masih berusaha menghubungi istri dan orang tuanya, namun belum berhasil tersambung," tambahnya. Matt kini menjalani perawatan

yang sempat ditawari mobil oleh tim capres tertentu, namun ditolak. "NU sosial isasikan Rhoma dan PKB tanpa imbalan apapun. Bahkan mau diberi mobil oleh tim salah satu capres, mereka tolak. Ini mil itansi," kata Bang Haji. Pria berjuluk raja dangdut itu juga menilai, bangsa Indonesia rindu figur seperti dirinya. Hal itu menurutnya juga terbukti pada pemilu legislatif kemarin, dimana timbul istilah Rhoma Effect yang dinilai memberikan

banyak kontribusi pada perolehan suara PKB. "Saya tidak pernah meminta (bantuan ulama). Bahkan mereka keluarkan biaya sendiri untuk operasional sosialisasi. Saya lihat sendiri bagaimana fans Rhoma dan Soneta, mendukung dengan mend irikan posko-posko pemenangan di 57 titik tanpa saya minta dan tanya membayar apapun," ucapnya. "Ini yang buat Rhoma Effect. Kerja mereka d isaksikan bangsa ini, setahun lebih," pungkasnya. (trb/dur)

kesatuan," tandasnya. Bupati Brebes Hj Idza Priyanti yang hadir pada kesempatan itu untuk menguatkan masyarakat dalam satu nusa, satu bangsa, satu bahasa untuk Indonesia Pusaka, meskipun berbeda pandangan, kepentingan, dan latar belakang. "Kesadaran dan tanggung jawab perlu diciptakan dengan komunikasi yang harmonis dalam suasana saling menghargai demi kemaslahatan umat. Upaya provokasi dari berbagai pihak yang tidak bertanggung jawab, harus kita

waspadai," tandasnya. Ketua panitia Teguh Iman Santoso menjelaskan, kegiatan Brebes Bersholawat digelar setiap tahun dengan menghadirkan Habib Lutfi dan puluhan Habib Brebes, Tegal, dan Slawi. Turut berceramah pada kesempatan itu pengasuh Pondok Pesantren Assalafiyah Luwungragi Brebes. KH Subkhan Makmun dan Mubal ig Kocak H Dirjo Abdul Had i. Tampak had ir para Kepala SKPD, ulama, tokoh masyarakat Brebes serta ribuan pengunjung. (nuo/dur)

Ibunya wafat ketika ia kelas empat Sekolah Dasar (SD). Terpaksa ia hidup berpindah-pindah dari orang tua angkat satu ke orang tua angkat yang lain.ÿ Saat menempuh pendidikan SD, ia kekurangan biaya. Jarak tempat tinggal dengan sekolah lebih kurang empat kilometer ditempuh dengan berlari. Namun hal ini tak menyurutkan semangatnya untuk terus belajar.ÿ Jalan hidup membuat Asmujiono mendaftar masuk menjadi prajurit. Kemudian pada 1994 menjadi anggota Kopassus. Pada akhir 1996, ketika ada seleksi Tim Nasional Ekspedisi Everest, Asmujiono ikut mendaftar dan menjadi salah satu anggota tim. Tim Nasional Eksped isi Everest

diprakarsai Danjen Kopassus, Mayjen Prabowo Subianto.ÿ Visi Prabowo adalah mengibarkan bendera Merah Putih d i puncak tert inggi dunia, puncak Mount Everest. Sadar pendakian tak bisa dilakukan dengan mudah, Prabowo memilih orang-orang terbaik yang menjadi pendukung tim.ÿ Anatoli Nikolaevich Boukreev (Kazakhastan) yang d ikenal dengan The Ghost of Everest serta Richard Pawlosky (Polandia) dipilih menjadi pelatih tim. Vladimir Bashkirov dipercaya menjadi film maker, sedangkan Evgeni Vinogradski menjadi dokter tim. Dengan persiapan matang, misi menggapai puncak dunia berhasil diwujudkan. (nas/rol/dur)

sihnya. Wajahnya nampak merah merona. Kontras dengan kulitnya yang putih mulus. "Pokoknya dia bukan cinlok (cinta lokasi) di sini (lokasi syuting 'ABG jadi Manten') atau dari kalangan entertainment," tepisnya. Bicara soal pacar idaman, dikatakan Ashilla, secara fisik ia mendambakan pria seperti aktor ganteng Logan Lerman yang membintangi film' The Three Musketeers'. "Pokoknya, dia harus yang nggak terlalu terlalu tinggi atau pendek.

Sejajarlah sama aku," ucapnya. Selain itu dikatakan Ashilla, dirinya suka dengan pria yang jago memainkan alat musik. Atau paling tidak, bisa bernyanyi juga seperti cewek kelahiran Jakarta, 25 Februari 1997 tersebut. "Aku suka cowok yang bisa nantinya aku dan keluarga aku ke musik akhirnya. Aku nggak mau dia jadi pemusik. Nggak kok. Minimal dia bisa main satu alat musik atau bisa nyanyi, itu sudah nilai plus banget buat aku," kata Ashilla seraya tersenyum. (dth/dur)

nalis. Kita tidak pesimistik tapi yang perlu kita cermati, waktu sudah mepet. Untuk menggenjot elektabil itas akan kesulitan," ujarnya. Marwan pun menganggap d ikotomi Islam-nasional is sudah tidak relevan lagi. "Di nasionalis, capresnya muslim semua. Islam sebagai semangat, bukan Islam yang formalistik. Ke-Indonesia-an seperti itu. Dikotomi musl im-non musl im sudah tidak relevan lagi," pungkasnya. Sementara itu anggota Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid menyatakan, bahwa partainya tidak pernah raguragu dalam membentuk poros partai berbasis massa Islam. Ia menilai bahwa umat Islam mengharapkan ada capres dan cawapres dari partai Islam. “Kami di PKS tidak pernah ragu-ragu membuat poros itu (poros Islam). Bahwa nanti akan terselenggara atau tidak, nanti akan d il ihat dan d ibuktikan. Pertemuan-pertemuan sudah sejak lama,” kata Hidayat dalam diskusi Polemik Sindo Trijaya ‘Ragu-ragu Poros Baru’ di Warung Daun, Cikini, Jakpus, Sabtu (19/4/2014). Sebelumnya, beberapa tokoh partai Islam sudah berkumpul di rumah almarhum pengusaha Hasyim Ning pada Kamis (17/4) untuk membahas kemungkinan munculnya poros Islam tersebut. Hidayat merupakan salah satu tokoh yang hadir saat itu. Perwakilan dari PKS pal ing

banyak dalam pertemuan itu. Selain Hidayat, Presiden PKS Anis Matta juga hadir. Ada juga wasekjen Fahri Hamzah, Ketua DPP Ahmad Zainudd in dan seorang lagi politisi perempuan PKS. Menurut Hidayat, suara umat Islam yang diwakili oleh ormas menginginkan ada capres dan cawapres dari parpol Islam. “Rakyat memberi suara mereka. Rakyat Islam tergabung dalam ormas. Ormas mengatakan, kami sudah pilih anda-anda. Amanat kami, rakyat yang tergabung d i ormas, sudah memil ih, dan suara kami agar partai Islam bersatu agar bisa beri alternatif capres dan cawapres mendatang,” ujar Hidayat. Suara partai-partai Islam bila digabungkan mencapai angka sekitar 32 persen dan ini lebih besar dari 3 partai nasionalis penghuni papan atas yaitu PDIP, Gol kar dan Gerindra. Oleh sebab itu, kemungkinan partai Islam bergabung sangat besar. Hidayat juga menilai anggapan bahwa tak ada satu tokoh dominan dari partai Islam bukanlah masalah. Ia mencontohkan Golkar dan Hanura yang masing-masing memiliki capres namun tetap bekerjasama. “Misalkan dikatakan tidak ada tokoh, tunggu dulu. Ada Muhaimin, SDA, Anis Matta, Hatta, Amin Rais. Kalau tentang elektabilitas, kalau kita sepakat tidak masalah,” ujar Ketua Fraksi PKS di DPR ini. (rmd/dur)

intensif di rumah sakit Polri Jalan Trijata, Denpasar, untuk memul ihkan kond isi kesehatan dan kejiwaannya. Heri menjelaskan, berdasarkan pengakuan Matt, ia beranjak dari tempat duduknya di kursi nomor 30 A, karena merasa permintaannya tak direspon oleh kru pesawat. Semula, dia meminta bantuan kru kabin untuk mengambil tas miliknya karena ia membutuhkan obat dan minuman yang ada dalam tas. Karena tidak mendapat respons, Matt berjalan mendekati pintu pem-

batas ruang kokpit. Diapunÿ menggedor-gedor pintu kokpit. Melihat itu, pramugari mendekati dan memintanya kembali ke tempat duduknya di bagian belakang. Hanya saja, lantaran kondisinya fisik dan psikologinya lagi drop, Matt mengaku lupa dengan tempat duduknya malah kembali ke pintu kokpit kemudian menggedor-gedor pintu lagi. Awak kabin mencoba menenangkan Matt, namun karena merasa situasinya membahayakan, pilot menekan tombol Hijack menandakan pesawat dalam kondisi sedang dibajak. (okz/dur)


Redaksi HARIAN MADURA Pamekasan: Rizal, Mustopa Sampang: Ahmad Bahri, Junaidi Jufa Sumenep: Taufik Yuspison, Ida Okvinita, Faisal ER Bangkalan: Imam Hambali

AHAD, 27 APRIL 2014

HALAMAN 12

Becaanna Oreng Madhure

Korupsi BSPS, Incar Tersangka Baru

Kajari Sampang Abdullah saat menyampaik perkembangan kasus dugaan korupsi raskin di Batu Karang, Camplong, Sampang. foto: junaidi jufa/HARIAN BANGSA

SAMPANG – Sementara itu, Kejari Sampang menetapkan seorang Kabid di Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (Cikartarung) Sampang, Satrio Wahyudi, sebagai tersangka kasus dugaan korupsi Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) 2013 lalu. Satrio menyusul Sunarto Wirodo yang telah ditetapkan sebagai tersangka terlebih dahulu. Penyid ik Pidana Khusus Kejari Sampang rupanya akan terus mengusut dugaan keterlibatan pihak lain. Untuk menemukan tersangka baru, sejumlah saksi terus dimintai keterangan. Termasuk pengurus Kelompok Masyarakat (pokmas) BSPS. ”Banyak saksi yang harus diperiksa dalam kasus ini. Dalam waktu dekat kita juga akan merencanakan pemanggilan pokmas BSPS,” kata Abdullah, Kepala Kejari Sampang. Tiga pengurus pokmas yang dimintai keterangan adalah ketua, sekretaris dan bendaharanya. Mereka adalah pengurus pokmas di Kecamatan Omben dan Karang Penang, kecamatan yang menerima bantuan ’Bedah Rumah’ dari Kemenpera 2013 lalu. ”Sedangkan pengurus lainnya akan langsung dimintai keterangan di kecamatan dan kelurahan setempat,” kata Abdullah. Seperti diketahui, sejak beberapa bulan lalu Kejari Sampang menyidik kasus BSPS, bantuan bedah rumah dari Kemenpera 2013 lalu. Diduga, terdapat banyak penyelewengan dalam penyaluran bantuan untuk 500 keluarga di Kecamatan Omben dan Karang Penang itu. Bantuan yang seharusnya disalurkan kepada penerima sebesar Rp. 7,5 juta diduga dipotong oknum. Penerima menerima bantuan material bangunan rata-rata senilai sekitar Rp 3 juta saja. (jun/sal)

Kewalahan Tangani Korupsi Raskin Kejari Sampang Mengaku Kekurangan Penyidik Sampang – HARIAN BANGSA Kejaksaan Negeri (Kejari) Sampang menunjukkan sikap pesimistisnya dalam menangani kasus dugaan korupsi bantuan beras untuk keluarga miskin (raskin) d i Batu Karang, Camplong, secara cepat. Kejaksaan kewalahan karena jumlah

penyid ik tak seimbang dengan jumlah kasus yang ditangani. Hal itu disampaikan Kepala Kejari Sampang Abdullah, saat menemui warga Batu Karang, Kecamatan Camplong, yang menanyakan pengusutan kasus dugaan korupsi raskin di desa setempat, Jumat (25/

Dua Komisioner KPU Sumenep Daftar Lagi SUMENEP – Pendaftar calon anggota KPU Sumenep membludak. Hingga Jumat (25/4), tercatat 46 orang mendaftarkan diri. Dua komisioner KPU dan satu anggota Panwaslu setempat juga ikut mendaftar untuk menjadi anggota KPU lima tahun ke depan. Sisanya ratarata anggota PPK. Dua anggota KPU Sumenep yang ikut mendaftar sebagai calon anggota KPU setempat adalah Moh Ilyas dan Ali Fikri. Sedangkan Ketua KPU Toha Shamadi dan dua komisioner lainnya, Hidayat Andiyanto dan Jazul i Muthar, hingga pendaftaran ditutup belum mendaftarkan diri. Ketua Tim Seleksi Calong Anggota KPU Sumenep Ibnu Hajar membenarkan mendaftarnya kembal i dua komisioner KPU. ”Tidak etis kalau saya sebutkan namanya. Tunggu sampai pengumuman hasil seleksi administrasi,” ujarnya. (fik/sal)

Cuci Tangan soal Migas SUMENEP – Ahmad juhri Ketua KWRI Sumenep menilai Pemkab Sumenep tidak serius memaksimalkan potensi minyak dan gas bumi (migas) sudah bertahuntahun dieksploitasi oleh sejumlah perusahaan migas. Pemkab juga dinilai tidak transparan terkait angka produksi hasil eksploitasi migas per harinya. Terpisah Abdul Kahir, Kepala ESDM Sumenep mengaku tidak memil iki kewenangan apapun untuk mengetahui atau pun membeberkan angka produski yang dihasilkan dari eksploitasi migas setiap harinya. “Pemerintah (daerah) hanya berkewajiban mengetahui jumlah produksi yang (justru) sudah siap dipasarkan,” dal ihnya. (fay/sal)

4). ”Jaksa kita sedikit, ada 7 orang, jad i masih (penanganan kasus korupsi BSPS) antre,” ujarnya di kantor Kejari setempat. Sebelumnya, warga Batu Karang mendesak Kejari segera menuntaskan penyidikan kasus korupsi raskin itu. Abdullah mengatakan,

jika warga menuntut cepat, ia menyarankan agar warga melaporkan kasus tersebut ke Polres setempat. ”Saya tidak suka ditekan. Laporan saya respon, tapi tidak bisa ditargetkan kapan rampung,” sergahnya menanggapi desakan warga. Namun, lanjut Abdullah, kendati

minim tenaga penyidik, kejaksaan tetap berupaya untuk menindaklanjuti laporan warga dan mengungkapnya secara tuntas. Tapi, dia meminta warga agar memahami bahwa setumpuk kasus lain juga ditangani kejaksaan. ”Kami prioritas pada kasus berbau korupsi,” tegasnya.

Petani Digerojok Bantuan Rp 61 Juta

PSK Makassar Beroperasi di Pamekasan

Dua PSK terjaring razia dimintai keterangan Satpol PP Pamekasan. foto: pmk-1/HARIAN BANGSA

Pamekasan – HARIAN MADURA Razia rutin yang dilakukan Satpol PP Pamekasan ternyata tak membuat para pekerja seks komersial (PSK) di kota setempat jera. Buktinya, setiap kali razia dilakukan, petugas masih menemukan PSK yang mangkal. Salah satu PSK yang terjaring berasal dari Ujung Pandang, Makassar. Buktinya, dua PSK kembal i terjaring saat Satpol PP setempat melakukan razia penyakit masyarakat d i beberapa warung remang-remang Jumat (25/4) malam. Keduanya adalah SR (30), warga Ujung Pandang, Makassar, dan SH (36), warga Kecamatan Palengaan, Pamekasan. Keduanya terjaring razia Satpol PP ketika bertransaksi dan hen-

dak melayani lelaki hidung belang. SR diamankan saat berada di sebuah kos milik Buk Ma di Desa Larangan Luar, Kecamatan Larangan. Sementara SH diamankan saat melakukan transaksi dengan lelaki hidung belang di sebuah warung remang-remang di Pasar 17 Agustus. Diamankannya PSK asal Ujung Pandang, Makassar, itu cukup meresahkan masyarakat. Pamekasan yang memiliki ikon Gerbang Salam itu sulit melepaskan diri dari aktivitas prostitusi. Sebab itu, Satpol PP setempat terus menggencarkan razia untuk meminimalisasi gerak dan aktivitas penjaja layanan syahwat. Kasatpol PP Pamekasan Didi Hariadi melalui Kasi penyidikan

Maskur, koordinator warga mengatakan, langkah pelaporan dilakukan lantaran masyarakat sudah mulai geram dengan ulah kadesnya. Sebab, setiap penerima yang berhak mendapatkan jatah Raskin sebanyak 15 kilogram per bulan, hanya memperoleh 5 kilogram setiap 4 bulan sekali. (jun/sal)

Yusuf Wibiseno mengatakan, saat hendak melakukan penangkapan, kedua PSK tersebut sempat melarikan diri. Petugas berhasil menangkap keduanya dan langsung dibawa ke Kantor Satpol PP setempat. Kepada petugas, PSK tersebut mengakui mencari nafkah dengan cara menjajakan tubuh mereka. kepada lelaki hidung belang, keduanya mengaku memasang tarif Rp 150 ribu sekali kencan. ”Rp 50 ribu untuk sewa kamar dan Rp 100 ribu untuk PSK bersangkutan,” kata Yusuf. Setelah dilakukan pemeriksaan dan membuat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya, lanjut Yusuf, kedua PSK tersebut akhirnya dilepaskan. ”Kita berikan tindakan pembinaan, karena kebetulan kedua PSK ini pertama kali kita tangkap,” urainya. Menanggapi masih maraknya aktivitas prostitusi di Pameksan, Ketua Lembaga Pengkajian Kebijakan Daerah (LPKD), Sodik, mengatakan, razia-razia yang dilakukan Satpol PP tidak efektif. Buktinya, meskipun banyak PSK yang tertangkap, tetapi tidak membuat para pelaku bisnis prostitusi jera. (pmk-1/sal)

Sumenep – HARIAN MADURA Kepala Disperta Sumenep Bambang Heriyanto mengatakan, pihaknya telah melakukan penyuluhan pertanian di beberapa kecamatan bersama Bupati Sumenep A Busyro Karim beberapa hari lalu. Bantuan total Rp 61,5 juta juga diberikan kepada tiga kelompok petani dalam kesempatan itu. Kecamatan yang m e n d a p a t k a n penyuluhan dan bantuan di antaranya Kecamatan Ganding, Ambunten dan Gapura. Bantuan Rp 61,5 juta itu, lanjut Bambang, secara simbol is d iserahkan Bupati Sumenep kepada tiga Kadisperta Sumenep kelompok penerima. Bambang Heriyanto. foto: faisal er/HARIAN BANGSA ”Masing-masing kelompok mendapatkan bantuan Rp 20.500.000,” jelasnya. Bambang menjelaskan, bantuan diberikan bagian dari keperdul ian Pemkab Sumenep untuk memberikan rangsangan terhadap petani. ”Jangan melihat besar kecilnya yang kami berikan, melainkan adanya bantuan itu dijadikan cambuk agar produktifitas pertanian ke depan lebih baik,” ujarnya. Menurutnya, bantuan yang telah diberikan itu dapat memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan dalam sector pertanian. Sehingga petani di kabupaten sumenep bisa lebih maju dan mand iri. ”Kami harapkan hasil produktifitas pertanian bisa bersaing dengan negara maju lainnya, sehingga masa depan petani bisa lebih cerah,” pungkas Bambang. (fay/sal)

Tradisi ’Pangantanan Sonnat’, Warisan Kerajaan Sumenep Sumenep – HARIAN MADURA Tradisi ’Pangantan Sonnat’ merupakan tradisi yang ada di Kabupaten Sumenep sejak zaman dulu. Awalnya, tradisi ini hanya dilaksanakan oleh keluarga kerajaan saja. Namun, belakangan banyak warga melaksanakan tradisi yang digelar saat merayakan selamatan anak disunat itu.

Ifan, bocah Desa Kebun Dadap, Saronggi, Sumenep, diarak dengan kuda berhias sebelum disunat. Tradisi warisan Kerajaan Sumenep ini disebut 'Pangantanan Sonnat'. foto: lukman/ HARIAN BANGSA

Dalam pelaksanaannya, anak yang akan disunat didandani layaknya pengantin. Kemudian anak tersebut diarak dengan menggunakan kuda hias yang pandai menari. Di Sumenep, kuda pintar yang dihias itu disebut ’Jheren Kencak’. Arakarakan ’Pangantanan Sonnat’ diiringi tabuhan musik tradisional bernama Saronen. Arak-arakan pangantan sonat biasanya dimulai dari rumah anak yang akan disunat menuju ke asta pemakaman leluhur. Di asta, ritual tabur bunga dan doa bersama dilakukan, dipimpin oleh tokoh masyarakat setempat.

Tujuanya, agar anak tetap menghormati leluhurnya dan berdoa agar diberi keselamatan. Setelah ziarah ke makam leluhur, arak-arakan Pangantan Sonnat dilanjutkan hingga sampai di kediaman kepala desa. Uniknya, sepanjang jalan Pangantan Sonnat diarak, anak yang akan disunat diberi saweran oleh warga sekitar. Besarnya saweran bervariasi, antara Rp 1 ribu – Rp 10 ribu. Selain untuk tujuan keselamatan dan baiknya prilaku anak, selamatan dengan Pangantanan Sonnat juga bertujuan untuk menjauhkan si anak dari rasa takut karena akan disunat.

Diharapkan, meriahnya perayaan dan banyak saweran yang diterima membuat si anak lupa akan rasa takut disunat. Seperti diungkapkan Moh Zaid Gifari (9), bocah kelas 2 SD asal Desa Kebun Dadap, Kecamatan Saronggi, Sumenep. Beberapa hari lalu, bocah yang akrab dipanggil Ifan ini menjalani prosesi tradisi Pangantanan Sonnat. Ia mengaku senang mengikuti tradisi itu. Alasannya, karena bisa menunggangi kuda dan diberi uang oleh warga yang menonton. “saya senang sekali, bisa naik kuda dan dikasi uang banyak,” katanya. Nur Aidi, tokoh masyarakat

Desa Kebun Dadap, mengatakan, makna tradisi Pangantan Sonnat agar anak cucu selalu menghormati leluhurnya. Selain itu, agar mental anak tidak takut ketika akan disunat. Dulunya, kata dia, Pangantan Sonnat hanya dilakukan oleh keluarga Raja Sumenep dan kemudian diikuti oleh warga hingga saat ini. ”Sayang tradisi Pangantan sonnat kini banyak ditinggalkan oleh masyarakat. Terbukti, masyarakat kota sudah jarang menggelar tradisi ini dan hanya dilakukan oleh warga pedesaan saja. Mungkin karena butuh biaya besar,“ kata Aidi. (smp-1/sal)


27 04 14