Issuu on Google+

Dari Abu Hurairah r.a. berkata: Rasulullah SAW bersabda, “Apabila bersandal salah seorang kamu, hendaklah ia mendahulukan kaki yang kanan dan jika melepas, hendaklah ia mendahulukan kaki yang kiri. Hendaklah yang kanan lebih dahulu disandali dan yang terakhir dilepaskan.” (Bukhari - Muslim)

JUMAT

Untuk Surabaya & Sekitarnya SUBUH

DZUHUR

ASHAR

MAGHRIB

ASYA’

04.04

11.21

14.43

17.16

18.28

Redaksi/Pemasaran/Iklan: Jalan Gayungsari IX/5 Surabaya Telepon: (031) 8271624, 8270967, 8270961, 8271667, Fax: 031 8270967

21 SYA’BAN 1435 H 20 JUNI 2014

HARGA ECERAN Rp. 3.500,-

Koran Warga NU

Pengasuh: Dr. KHA Musta’in Syafi’i, MAg

Terjemah al-Ra’d: 41

Pemikiran Bumi Bulat Telan Korban Nyawa Terjemah Al-Ra’d : 41 41. Dan apakah mereka tidak melihat bahwa sesungguhnya Kami mendatangi daerah-daerah (orang-orang kafir), lalu Kami kurangi daerahdaerah itu (sedikit demi sedikit) dari tepi-tepinya? Dan Allah menetapkan hukum (menurut kehendakNya), tidak ada yang dapat menolak ketetapan-Nya; dan Dia-lah Yang Maha cepat hisab-Nya.

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya

TAFSIR Sebagai kelanjutan dari penuturan ayat sebelumnya (40), ayat studi ini berbicara soal kondisi fisik bumi yang “bulat”, tetapi tidak bulat penuh seperti bola sepak atau bola voly, melainkan ada pengurangan sedikit pada bagian ujungnya. “ naqushuha min athrafiha”. Ilmuwan fisika mengunakan ayat ini sebagai dalil bahwa bumi kita ini berbentuk bulat, sedangkan pengurangan pada ujung tersebut atau tepos, pesok, blesek (bahasa Jawa) dipahami sebagai kondisi kutub, utara dan selatan. Allah a’lam.

 Bersambung ke Hal. 11

UANG PESANGON - Petugas Dinsos Surabaya mendata PSK dan mucikari yang mengambil bantuan di Kantor Koramil 0832/01 Kecamatan Sawahan, Surabaya, kemarin. foto mer

Semua butuh proses. Kita sudah menyiapkan program-program untuk itu. Yang terpenting adalah bagaimana mengangkat derajat mereka dan menyelamatkan masa depan anakanak di sana (lokalisasi).”

Bebaskan Lahan Dolly dan Jarak Otoritas Ekstradisi Sebaiknya di Kejaksaan Surabaya – HARIAN BANGSA Kejaksaan Agung (Kejagung) RI mengusulkan otoritas ekstradisi terpidana dan tersangka serta pemulihan aset negara di luar negeri ditangani langsung oleh adhyaksa. Selama ini, otoritas tersebut di bawah kendal i Kementerian Hukum dan HAM. Usulan itu didiskusikan dalam seminar ”Posisi Ideal Kejaksaan dalam Sistem Ketatanegaraan” yang diselenggarakan oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur bekerjasama dengan Fakultas Andi Nirwanto. Hukum Unair Sura- foto: nur faishal/HARIAN BANGSA baya, di Hotel Pullman Surabaya, Kamis (19/6). “Untuk efesiensi, penegakan hukum terkait pencarian tersangka, terdakwa atau terpidana dan aset yg berada di luar negeri perlu ditangani dan di bawah otoritas langsung kejaksaan,” kata Wakil Jaksa Agung Andi Nirwanto dalam sambutannya.  Bersambung ke Hal. 11

Kapan Awal Puasa? Paijah : Pak, puasa mulainya kapan toh? Paijo : Lha tanggal 1 Ramadhan kan bu! Paijah : Kalau itu anak SD juga tahu. Maksudnya hari apa gitu? Ada yang bilang Selasa, ada juga yang Rabu. Paijo : Sudahlah bu, itu sudah dipikirkan pemerintah dan ulama kita. Buat orang awam seperti kita, yang penting jika sudah banyak yang jualan blewah, kolak, cendhol, dan kurma, maka itu pertanda sudah masuk bulan puasa. Paijah : Oh begitu ya Pak, kalo begitu besok kita jualan blewah, kolak, dan cendhol. Boleh pak? Paijo : Lha kenapa? Paijah : Biar puasanya maju. Paijo : ???

Risma Siapkan Rp 36 M Uang Pesangon Mulai Dibagikan

Program Paska-Penutupan Dolly-Jarak

Surabaya – HARIAN BANGSA Paskapenutupan lokalisasi Dolly-Jarak, Rabu (18/6) malam, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah menyiapkan sejumlah program untuk mengatasi persoalan anak dan sosial-ekonomi warga sekitar gang Dolly dan Jarak, Kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan, Surabaya. Salah satu program itu, yakni menyiapkan dana senilai Rp 36 miliar untuk pembebasan lahan di dua lokalisasi di Kelurahan Putat Jaya itu. Rinciannya, Rp 16 miliar untuk Gang Dolly dan

Rekrut Warga Jadi Pegawai Kontrak Tahap awal ada 97 warga Bekerja di Bakesbanglinmas, Satpol PP, Diskominfo Dinas Cipta Karya, dan RS milik Pemkot.

Pesangon PSK

Pesangon Mucikari

Jumlah Dana: Rp 7,3 M Tiap PSK: Rp 5.050.000 Jumlah PSK : 1.449 orang Sumber Dana: Kementerian Sosial

Jumlah Dana: Rp 1,5 M Tiap PSK: Rp 5.000.000 Jumlah PSK : 311 orang Sumber Dana: Pemprov Jatim

Lahan Dolly : Rp 16 miliar Lahan Jarak : Rp 20 miliar Total Dana : Rp 36 miliar

 Bersambung ke Hal. 11

Dari berbagai sumber

Pertumbuhan Minimarket Kian Tak Terkendali (8)

Di Surabaya, 400 Lebih Minimarket Tak Berizin Pertumbuhan minimarket yang kian tak terkendali dan mengancam keberadaan tokotoko modern di Surabaya, membuat kalangan dewan waswas. Mereka menilai, perlu dibuat aturan agar toko tradisional bisa ‘selamat’ dari gempuran para pengusaha dengan modal besar. PENDIRIAN minimarket (toko modern) di hampir semua ruas jalan di Surabaya, -tak pedul i di kampung-kampung-, memantik reaksi kalangan DPRD Surabaya untuk membuat aturan tentang keberadaan minimarket.

 Bersambung ke Hal. 11

SIDANG-Anas Urbaningrum kala sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta Selatan, kemarin. foto antara

Diwarnai Dissenting Opinion

Hakim Tolak Eksepsi Anas

PASAR MODERN - Salah satu minimarket yang berada di Kota Surabaya. foto : farih/HARIAN BANGSA

Jakarta – HARIAN BANGSA Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta menolak eksepsi (nota keberatan) terdakwa Anas Urbaningrum dan penasihat hukumnya dalam putusan sela dalam sidang d i Pengadilan Tipikor, Kamis (19/6). Dengan begitu, proses persidangan kasus dugaan korupsi dan pencucian uang terkait

 Bersambung ke Hal. 11

Italia vs Kosta Rika

Sabtu 20 Juni 2014 Pukul 23.00 WIB Antv/ TVOne

Andres Iniesta dan Iker Casillas lesu saat timnya dipastikan tak lolos 16 besar.

Spanyol, Kamerun, Australia

Angkat Koper Lebih Awal Rio de Janiero -HARIAN BANGSA Langkah Spanyol di Piala Dunia 2014 cuma sampai fase grup setelah di laga kedua La Furia Roja takluk dua gol tanpa balas dari Chile. Butuh kemenangan pada laga yang dihelat di Maracana Stadium, Kamis (19/6) dinihari WIB, Spanyol malah tertinggal lebih dulu di menit 20 lewat gol Eduardo Vargas.  Bersambung ke Hal. 11

Pembebasan Lahan

Mario Balotelli

Bryan Ruiz

Melly Manuhutu

Amankan Tiket Lolos

Dukung Jokowi, selalu Berkemeja Kotak-kotak

Brasil-HARIAN BANGSA Italia akan menjalani laga yang tak mudah di laga kedua Piala Dunia 2014. Usai mengalahkan Inggris, Azzurri akan beradu kuat melawan kuda hitam Grup D, Kosta Rika di Arena Pernambuco Recife, Jumat (20/6) malam nanti. Kedua tim akan saling mengalahkan demi mengamankan tiket ke babak 16 besar. Laga tersebut dipastikan akan berjalan sengit. Betapa tidak, baik Italia maupun Kosta Rika memil iki kesempatan yang sama untuk mengamankan tiket ke babak selanjutnya setelah sama-sama meraih kemenangan di laga pertama.

MELLY Manuhutu punya cara tersendiri memberi dukungannya atas pencalonan Jokowi dan Jusuf Kalla menjadi calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Pemilu Presiden (Pilpres) tahun ini. Hampir setiap hari ia mengenakan kemeja kotak-kotak, terutama saat beraktivitas di luar rumah.

 Bersambung ke Hal. 11

 Bersambung ke Hal. 11


HARIAN BANGSA

JUMAT, 20 JUNI 2014

2

Dolly Tutup, Pengawasan Ringan Pemkot Buka Posko Pengaduan Ramadan

Keenam pemuda ditangkap polisi beserta barang bukti.

Kelompok Rampas Motor Ditangkap SURABAYA-Enam pelaku perampasan ditangkap Polsek Mulyorejo Minggu (15/6) lalu. Pelaku rata-rata masih tergolong ABG. Pelaku antara lain Rosul (20) Jl. Setro, Rudi Maulana (19) warga Jl. Setro Baru Utara, Fajar Dwi (18) warga Jl. Dukuh Setro, Wahyu Teguh (17) warga Jl. Dukuh Setro, Agus (17) Jl. Bronggalan dan Rendra Setiyono (17) warga Jl. Bronggalan. Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Sumaryono didampinggi Kapolsek Mulyorejo Kompol Kuncoro menyatakan dari keenam pelaku salah satunya merupakan residivis. Mereka ditangkap saat secara kelompok sedang menyatroni korban Ramahdani Sadewa (17) warga Kejawan Putih Tambak. Saat korban melintas di Jl. Kejawan Putih Tambak tibatiba keenam pelaku yang mengunakan tiga sarana motor memepet korban. Saat memepet korban Rosul menodongkan senjata tajam berupa celurit ke arah korban, dibarenggi mengancam kepada korban agar tidak teriak. Belum sampai beberapa meter pelaku lari, korban teriak dan meminta tolong. Teriakan terdengar anggota Polsek Mulyorejo yang sedang cangkruk di warung kopi dan terjadi kejar-kejaran. Dua pelaku tertangkap. Setelah dikembangkan, empat pelaku yang lain berhasil ditangkap. Saat dilakukan pemeriksaan keenamnya menggaku bahwa baru pertama kali tertangkap polisi. Sedangkan untuk pelaku Rosul adalah residivis yang pernah tertangkap Polsek Semampir kasus penganiayaan, dan juga kelima pelaku pengakuan Rosul adalah ketua dalam melakukan aksi perampasan. (yan/ns)

Pemprov Tingkatkan Fasilitas Layanan Kesehatan SURABAYA-Pemprov Jatim terus meningkatkan kualitas fasilitas pelayanan kesehatan untuk masyarakat. Salah satunya adalah dengan dibangunnya ruang rawat inap khusus jantung dan ICCU di Rumah Sakit Umum Haji Surabaya (RSU) milik Pemprov Jatim. Sekdaprov Jatim Achmad Sukardi mengatakan, upaya besar yang sudah dilakukan Pemprov Jatim adalah dengan menyelesaikan pembangunan gedung IGD, bedah sentral dan rawat inap maskin di RSU Haji tahun ini. “Pengalaman menunjukkan, makin maju kehidupan bangsa, maka kecenderungan untuk penularan penyakit sebagai sumber kematian semakin tinggi dan semakin nyata,” ujarnya. Ia menerangkan, prioritas atau agenda utama pemerintah d i bidang kesehatan antara lain harus membantu saudara-saudara yang tidak mampu dengan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Pemerintah akan sungguh-sungguh mencegah jika ada orang miskin yang sakit tidak bisa berobat baik di Puskesmas maupun RS. Hal tersebut merupakan kewajiban moral pemerintah, dengan memberlakukan kebijakan dengan anggaran yang dihitung mereka harus bisa berobat. (nis/ns)

Surabaya-HARIAN BANGSA Menjelang datangnya bulan puasa Ramadan pengawasan yang dilakukan Pemkot Surabaya untuk menjaga kesucian bulan puasa akan lebih ringan, siring dengan ditutupnya lokalisasi Dolly. Hal itu terungkap dalam gelar seruan bersama Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kota Surabaya dan seluruh elemen masyarakat Kamis (19/6) malam, di Graha Sawunggaling. Kepala Badan Kesatuan Bangsa da Perlindungan Masyarakat (Bakesbang Linmas) Kota Surabaya, Soemarno mengatakan, seruan bersama ini digelar untuk mengingatkan kembal i para pengusaha-pengusaha kepariwisataan, khususnya usaha hiburan malam, untuk dapat mematuhi aturan-aturan yang berhubungan dengan bulan puasa Ramadan. Harapannya, masyarakat Kota Pahlawan bisa merasakan kesejukan dan kenyamanan dalam rangka memasuki dan menjalankan ibadah puasa selama Ramadan. “Seruan Bersama ini merupakan

wujud bentuk saling menghargai dan menghormati kepentingan bersama. Hal ini sangat dibutuhkan untuk menjaga suasana Kota Surabaya tetap kondusif,” tegas Soemarno. Dijelaskan Soemarno, sebagaimana tercantum dalam Perda Kota Surabaya Nomor 23 Tahun 2012 tentang Kepariwisataan, bahwa selama bulan Ramadan dan malam Hari Raya Idul Fitri, kegiatan usaha diskotek, panti pijat (massage), kelab malam, karaoke dewasa, karaoke keluarga, pub, dan rumah musik diwajibkan menutup/menghentikan kegiatan. Sementara untuk kegiatan usaha rumah bil iar, d ilarang membuka kegiatan usahanya kecuali digunakan untuk tempat latihan olah raga serta mendapat rekomendasi dari KONI Surabaya berdasarkan usulan dari Persatuan Olah Raga Bola Sodok Seluruh Indonesia (POBSI) Surabaya. Sedangkan untuk pertunjukan bioskop, dilarang memutar film mulai pukul 17.30 wib (waktu salat Magrib/berbuka puasa) hingga pukul 20.00 wib (waktu

Walikota saat memberi keterangan kepada wartawan. salat Isyak/Tarawih). Selama Ramadan nanti, Bakesbang Linmas akan menerjunkan 28 personel yang dibagi menjadi tiga atau empat tim, untuk melakukan pengawasan di beberapa titik. Pengawasan tersebut akan dilakukan setiap hari. Pemerintah Kota Surabaya juga telah menyediakan pos pengaduan selama bulan Ramadan. Apabila masyarakat menemukan

Hotman Paris Geram dalam Sidang Kurator

Lindungi Pengusaha Jatim

Ancam Laporkan Jaksa ke KPK

Gubernur Kerjasama dengan KPPU

Surabaya–HARIAN BANGSA Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea berencana melaporkan jaksa Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur yang menangani kasus dugaan pemalsuan dokumen oleh kurator Jandri Onasis ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ancaman itu d isampaikan Hotman saat mendampingi terdakwa perkara ini, Jandri, dalam sidang yang digelar di PN Surabaya, Kamis (19/6). Ancaman Hotman dikemukakan bermula dari tudingan dirinya bahwa jaksa berupaya menutupi fakta yang sebenarnya dengan tidak menghadirkan saksi pelapor, Dirut PT Surabaya Agung Pulp dan Kertas Tbk (SAIP) Immanuel Robert Najoan. Pengacara berjuluk ’Raja Pailit’ itu menolak alasan jaksa penuntut umum (JPU) yang menyatakan tidak bisa menemukan keberadaan Immanuel. Dalam sidang, antara Hotman dan jaksa penuntut umum Kejati sempat berdebat sengit. Jaksa tetap bersikukuh untuk melanjutkan sidang dengan

agenda mendengarkan pendapat saksi ahli meski saksi pelapor tidak bisa dihadirkan. Hotman menolak itu dan meminta majelis hakim kembali mendesak jaksa melaksanakan penetapan yang dikeluarkan di sidang sebelumnya, agar jaksa menjemput paksa Immanuel. Menurut Hotman, Immanuel sengaja tidak dihadirkan agar apa yang sebenarnya terjadi pada proses pemailitan PT SAIP karena tidak mampu membayar hutang ke BRI tidak terkuak di dalam persidangan. Padahal, kata dia, kasus ini berkaitan dengan penghapusan fasilitas kredit yang diterima PT SAIP dari BRI Finance di Hongkung tahun 1995 silam setelah bank tersebut dilikuidasi 2002 lalu, penuh permainan. Karena berkaitan dengan BRI, maka bisa dikatakan sudah terjadi korupsi dalam kasus ini. ”Saya akan laporkan jaksa (Kejati) dan penyidik (Polda) Jatim ke KPK,” ancam Hotman sesat setelah sidang. Jhonson Panjaitan, anggota tim penasehat hukum terdakwa Jandri, menambahkan, ada

sekitar Rp 200 miliar negara dirugikan akibat hutang yang belum dibayar oleh PT SAIP tersebut. Jaksa Kejati ikut bertanggungjawab karena dengan meloloskan perkara Jandri maju ke pengadilan sama halnya dengan memuluskan upaya pihak pelapor menghilangkan uang negara. Jhonson menambahkan, pangkal perkara Jandri masuk ke pengadilan berada di tangan jaksa peneliti, ketika menerima berkas dari penyid ik Polda Jatim. Jaksa menyatakan berkas perkara ini P21 padahal bukti pokok tidak dilampirkan penyidik. ”Malah jaksa di sidang meminta bukti utama kepada kami. Ini kan lucu,” ujarnya. Sebelumnya, Asisten Pidana Umum (Aspidum) Kejati Andi Muhammad Taufik mengaku sudah berusaha mencari keberadaan saksi pelapor dengan mengirimi surat ke LP Cipinang. Salah satu JPU perkara ini, Yusuf, juga membenarkan itu dan LP Cipinang memberi tanggapan bahwa Immanuel tidak ada di sana. ”Lalu kami harus mencari kemana,” ujarnya kemarin. (sal/ns)

Revisi UU Susduk MD3 Ancam PDIP Machmud : Siapa saja Bisa Jadi Ketua Dewan

Sekdaprov Jatim Didampingi Direktur RSU Haji Surabaya Tandatangani Prasasti Peresmian Ruang Rawat Inap Jantung dan ICCU RSU Haji. foto:nisa/HARIAN BANGSA

Bandit Curanmor Kembali Diringkus SURABAYA- Tim Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim kembali meringkus salah seorang 'bandit' curanmor, Rabu (18/6) lalu. Pelaku diketahui bernama Kusmanto (41) ditangkap polisi di tempat kosnya Jl Dukuh Kupang Utara Surabaya. Dalam penggerebekan itu, pol isi berhasil mengamankan barang bukti satu unit motor Honda Beat curian dalam kondisi protolan. Sementara tiga pelaku lain berinisial S, PH dan M masih dalam pengejaran petugas. Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Awi Setiyono mengatakan, pelaku ditangkap usai melakukan aksi curanmor di sebuah rumah Jl Tengger Kandangan Blok 55 Benowo Surabaya, Kamis (12/6) lalu. Dalam beraksi komplotan ini terlebih dahulu berkeliling mencari sasaran. Begitu melihat ada motor yang diparkir di teras rumah, komplotan ini lalu menjalankan aksinya. Di hadapan polisi, Kusmanto mengaku sudah sepuluh kali beraksi bersama komplotan curanmor ini. Selama ini dia hanya berperan sebagai joki dan mengawasi kondisi sekitar rumah korban. Bila aksinya berhasil, d ia mendapatkan bagian rata-rata Rp 1 juta. (far/ns)

Pemimpin Umum: M Mas’ud Adnan Pemimpin Redaksi: Abdurrahman Ubaidah Wakil Pemimpin Redaksi: Nur Syaifudin Redaktur Pelaksana: Maulana, Musta’in Redaktur: Nur Syaifudin,Rosihan Choirul Anwar, Nur Faishal, M. Shofi’i, Musta’in

pelanggaran, bisa segera melaporkan ke posko pengaduan yang berada di kantor Bakesbangpollinmas Jalan Jaksa Agung Suprapto. “Harapan kami, masyarakat juga ikut melakukan pengawasan di lingkungan internalnya. Bila masyarakat mengetahui ada pelanggaran, silahkan kontak posko kami di nomor telepon 5343000,” sambung pria kelahiran Nganjuk. (yul/ns)

Surabaya-HARIAN BANGSA Ketua DPRD Kota Surabaya M. Machmud berharap dan mendukung usulan revisi UU tentang Susunan Kedudukan MPR, DPR, DPD dan DPRD atau yang disebut MD3, yang salah satu poinnya menyebut pemilihan langsung Ketua DPRD. "Saat ini masih digodok di Kementerian Dalam Negeri dan DPR RI. Informasinya sudah mendekati final," kata M. Machmud, Kamis. Menurut dia, Asosiasi Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia (Asdeksi) beberapa waktu lalu mendapat pengarahan dari Menteri Dalam Negeri seputar hal itu. Saat ini UU MD3 tengah digodok terutama 10 poin penting di antaranya berkaitan dengan meka-

nisme pemilihan unsur pimpinan DPR dan DPRD. Jika ini terealisasi sebelum Agustus 2014 atau sebelum pelantikan anggota DPR/DPRD terpil ih hasil Pileg 2014, jabatan Ketua DPRD khususnya di Surabaya yang semestinya sesuai aturan lama, jatahnya untuk partai pemenang Pemilu Legislatif 2014 yakni PDIP akan berubah. "Jadi ketua DPRD dipilih oleh anggota, siapapun bisa mencalonkan d iri. Ket ika d ipil ih anggota terbanyak maka dia akan jadi ketua," katanya. Ia menilai upaya revisi UU tersebut sangat positif. Hal itu menunjukan adanya kemajuan konsep demokrasi di tataran legislatif, terutama dalam menentukan unsur pimpinan DPR

Surabaya-HARIAN BANGSA Gubernur Jawa Timur Soekarwo (Pakde Karwo) menandatangani kerjasama dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) di Ruang Bhinaloka Kantor Gubernur Jatim, kemarin (19/6). Dipilihnya Jatim sebagai mitra kerjasama adalah karena Jatim merupakan barometer nasional dari segala sisi, baik ekonomi, politik, dan lainnya. “Setiap perubahan yang terjad i d i Jawa Timur akan berpengaruh terhadap negeri ini. Dengan kerjasama ini, saya optimis iklim usaha di Jatim akan semakin baik dan membawa dampak positif bagi nasional,” ujar Ketua KPPU M Nawir Messi. Ia menyebutkan, tujuan dari penandatanganan kerjasama adalah untuk melindungi kepentingan publik yang berkaitan dengan transaksi perdagangan, mendorong efisiensi ekonomi nasional sekal igus sebagai alat untuk meningkat kan kesejahteraan rakyat, memberikan kesempatan usaha yang sama kepada seluruh masyarakat, serta mendorong peningkatan pelaku usaha di sektor UMKM. (nis/ns)

Penandatanganan Kerjasama Komisi Pengawasan Persaingan Usaha Dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. foto: nisa/HARIAN BANGSA

atau DPRD. Dengan direvisinya UU MD3 ini, seluruh anggota DPR dan DPRD memil iki kesempatan yang sama secara demokratis menentukan atau memil ih pimpinan berdasarkan pertimbangan kapasitas, kapabilitas dan integritas. Mengingat unsur pimpinan DPRD itu akan menjadi komandan atau corong anggota secara kelembagaan, sehingga yang dipilih benar-benar memiliki kemampuan dan kapasitas yang mumpuni. Saat ditanya apakah punya keinginan untuk mencalonkan d iri sebagai Ketua DPRD Surabaya periode mendatang, Machmud mengatakan bersedia. "Selama ada peluang, tidak apa-apa," katanya. (lan/ns)

Komisi B Minta Disnak Data Ulang Jumlah Sapi di Jatim Surabaya-HARIAN BANGSA Komisi B DPRD Jawa Timur menyoroti banyaknya sapi impor masuk ke Jatim. Sapi impor itu diduga sengaja dibawa ke Jatim untuk mengantisipasi kekurangan stok daging di Jawa Timur jelang bulan puasa dan lebaran dinilai berbenturan dengan surat edaran Gubernur. Komisi B meminta kepada dinas peternakan untuk mendata ulang populasi sapi yang

ada di Jawa Timur. Fredy Poernomo Anggota komisi B DPRD Jawa Timur meminta kepada dinas peternakan untuk mengevaluasi terkait jumlah sapi yang ada di Jawa Timur. Ini menurutnya sangat penting untuk mengantisipasi permintaan daging jelang bulan puasa dan lebaran. “Ya data jumlah sapi di Jatim harus ada dan harus valid. Setelah itu baru mengukur berapa

Staf Redaksi: Rochmatun Nisa, Rusmiyanto, M. Didi Rosadi Dewan Redaksi: H Abdul Wahid Asa, M Mas’ud Adnan, Abdurrahman Ubaidah Koordinator Liputan: Rosihan Choirul Anwar Sidoarjo: Daryanto Mojokerto: Ahmad Gunadi, Rochmad Saiful Aris, Yudi Eko Purnomo Jombang: Adi Susanto Gresik: M Syuhud Almanfaluty Lamongan: Haris Sugianto, Azharil Farih Tuban : Suwandi Bojonegoro: Nur Hadi Sampang: Ahmad Bahri Pamekasan: Rizal Pasuruan: Bambang Darma Widjatmoko, Sulistyawan Bondowoso: Sugiyanto Situbondo: Hadi Prayitno Jember: Yudhi Indrawan Probolinggo: Andi Sirajuddin Lumajang: Imron Ghozali Blitar: Try Susanto Kediri: Arif Kurniawan Nganjuk: Bambang DJ Madiun: S Setyawan Dhani Magetan: Nanang Ari Purnomo Tulungagung: Agus Dwi Cahyono Iklan: Yuni, Kemal Rizal, Doni Sujito Pemasaran/Sirkulasi: Kemal Rizal, Nur Ali Pracetak: M Dikman (Kepala), Althof, Haksni, Aulia Rachman, Robby Yanto.

permintaan daging d i Jawa Timur di waktu bulan puasa dan ramadhan. Tolak ukurnya permintaannya bisa memakai yang bulan puasa dan lebaran tahun kemarin,” jelasnya, kemarin. Lebih lanjut, Fredy menandaskan ketika stok sapi kurang dan permintaan daging tinggi, maka akan sangat problematis. Kebijakan Dinas Peternakan yang mengimpor sapi Austral ia disatu sisi juga melanggar SE

(Surat Edaran) Gubernur no 524/ 8838/023/2010 tentang larangan pemasukan dan peredaran sapi, daging dan jeroan impor yang dibuat pada tanggal 10 juni 2010. “Kondisinya serba dilematis. Karena itu, nantinya kami akan menanyakan ke dinas peternakan antisipasi lainnya,” urainya Sebagaimana diketahui beberapa waktu lalu, 2000 Ekor sapi potong impor dari Austral ia masuk di salah satu PT peng-

gemukan (feed loter) PT Agrisatwa Jaya Kencana di kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang Jawa Timur. Tak hanya di Malang, juga di Penggemukan PT Santos Agrido (Santori) yang diindikasikan ada sapi Australia. Sapi – sapi tersebut digemukkan dan dibuat sebagai antisipasi terjadinya gejolak kelangkaan sapi maupun mahalnya daging sapi jelang lebaran. (mdr/ns)

Komisaris: Ali Maschan Moesa, Masyhudi Muhtar, H Muid Direktur Utama: Juniarno D Purwanto Direktur: M Mas’ud Adnan, H Abdul Wahid Asa. Pemimpin Perusahaan: M Dikman Alamat Redaksi/Pemasaran/Iklan: Jl Gayungsari IX nomor 5 Surabaya, Telp: (031) 8271624, 8270961, 8271667, Fax: 031 8270967, Website: www.bangsaonline.com Email:bangsa2000@yahoo.com, harianbangsa@gmail.com Tarif Iklan: Display colour Rp. 45.000/mmk, Display BW: Rp. 25.000/mmk, Iklan spot 2 warna: Rp. 35.000/mmk, Sosial/Duka Cita: Rp. 10.000/mmk, Iklan Baris Rp. 10.000/baris Harga Langganan: Rp. 80.000/bulan, Harga Eceran (Pulau Jawa): Rp. 3.500/eks. Luar Jawa: plus ongkos kirim. Perwakilan Jakarta: Jl. Kebayoran Lama 12 Jakarta Selatan. Percetakan: PT Temprina Jawa Pos . No. Rekening: BRI 041201000321308 a/n PT DUTA BANGSA INTERMEDIA PERS.


3

HARIAN BANGSA

JUMAT, 20 JUNI 2014

Angka Golput Pilpres Diprediksi Naik KEDIRI - Angka golongan putih (golput) dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) yang akan dilaksanakan 9 Juli 2014 mendatang, diprediksi naik dibandingkan pada pemilihan legislatif (Pileg) April lalu. Komisoner KPUD Kota Kediri, Agus Rofiq mengatakan, bahwa, jumlah golput saat Pileg April lalu sekitar 19 persen. Dimungkinkan angka golput saat Pilpres Juli mendatang akan bertambah besar. Kendati demikian, dia berharap angka golput tak bertambah. “ Mudah-mudahan Golputnya tidak banyak,” ujarnya dengan penuh harap, kemarin. Besarnya angka golput tersebut, kata Agus Rofik, penyebanya semakin berkurangnya jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang ada dibandingkan saat Pileg. Untuk menekan angka golput itu, pihak KPUD gencar melakukan sosialisasi ke kelurahan- kelurahan di Kota Kediri. Selain itu, pihaknya bekerja sama dengan organisasi kepemudaan, LSM hingga relawan-relawan KPUD yang ada. Hal itu dilakukan dengan harapan jumlah golput bisa berkurang. “Kami juga bekerja sama dengan organisasi kepemudaan maupun LSM,”tandasnya. Hal senada diutarakan oleh Anggota DPRD Kota Kediri, Yudi Ayubchan. Menurutnya, kebijakan pengurangan jumlah TPS, sebenarnya kurang tepat. Sebab, TPS yang ada, jaraknya semakin jauh dari warga yang hendak mencoblos. Apalagi tidak ada uang sakunya. “Kalau jumlah TPS sedikit, secara otomatis tempatnya semakin jauh dari warga,” jelasnya. Menurut politisi demokrat tersebut, seharusnya justru saat Pilpres ini, jumlah TPS diperbanyak. Sehingga dengan jumlah yang banyak, semakin memudahkan para pemilih. TPS akan menjadi lebih dekat dengan rumah warga. “ Belum lagi untuk pemilih yang ada dirumah sakit, itu juga perlu dipikirkan,” imbuhnya. Untuk diketahui, berkurangnya jumlah TPS dikarenakan adanya peraturan yang menyederhanakan saat Pilpres 9 Juli mendatang. (rif/sho)

Peras Guru, Oknum Wartawan Ditangkap Polisi Kediri -HARIAN BANGSA Ragil Krisdianto (32) oknum wartawan asal Pakis Surabaya, diamankan polisi karena mencoba memeras seorang guru. Peristiwa pemerasan bermula Selasa (17/6) siang, pelaku mendatangi Mochamad Ridwan (45) seorang guru asal Kelurahan Campurejo kota kediri. Kepada Ridwan, pelaku menunjukkan foto seorang wanita yang berada di dekat mobil korban saat parkir dipinggir jalan. Lalu pelaku menawarkan kepada korban agar foto itu

Pelaku saat diamankan di Mapolres Kediri Kota.

foto : arif kurniawan/

HARIAN BANGSA

tidak dimuat di media masa dan disebarkan dengan kompensasi Rp 500 ribu. Korban

pun menurutinya dengan memberikan uang Rp.500 ribu. Keesokan harinya, pelaku

kembali datang dan meminta uang Rp. 2 juta kepada korban. Karena merasa menjadi korban pemerasan, Mochamad Ridwan melaporkan pelaku ke polisi. Tidak berselang lama, petugas langsung mengamankan pelaku, saat hendak meminta uang kepada korban di Alun-alun Kota Kediri. "Pelaku ditangkap saat akan memintauanglagidenganjanjiketemuan bersama korban di Alunalun Kota Kediri," kata Kasubag Humas Polres Kediri Kota AKP Siswandi, Kamis (19/6) kemarin. Saat ini, sambung Siswandi,

pelaku masih menjalani pemeriksaan di Ma-polres Kediri Kota guna proses hukum dan penyidikan lebih lanjut. "Jika terbukti melakukan pemerasan, Ragil bisa dijerat pasal 368 KUHP tentang pemerasan, dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara,"ujarnya. Sementara itu, Ragil kepada sejumlah wartawan mengaku tidak bersalah dan enggan dimintai keterangan. "Saya tidak bersalah, selengkapnya l ihat saja d i BAP," ujarnya singkat. (rif/sho)

Lukai dan Sekap Penjaga Toko

Indomart Disatroni Perampok Bersenjata Api Sidoarjo-HARIAN BANGSA Menjelang bulan Ramadan dan lebaran, aksi kejahatan mulai meningkat di wilayah hukum Sidoarjo. Salah satunya, kawanan

Dua karyawan Indomart, Indra Kurniawan dan Zainul saat melapor di Polsek Porong dan lokasi Indomart yang disatroni perampok, kemarin. Foto : Agus HP/HARIAN BANGSA perampok diperkirakan berjumlah 4 orang dengan menggunakan senjata api dan celurit, menyatroni Indomart 3 yang terletak di Jalan Raya Bhayangkari Porong atau masuk Kelurahan Juwet Kecamatan Porong, Kamis dini hari (19/06) kemarin. Akibatnya, Indomart mengalami kerugian sekitar Rp 15 juta setelah kawanan penjahat berhasil melumpuhkan 2 karyawan Indomart yakni Indra Kurniawan (26) warga Desa Kalitengah Kecamatan Tanggulangin dan Zainul (19) asal Probolinggo yang terluka di bagian kepala akibat sabetan celurit se-

belum disekap dalam gudang. Indra Kurniawan ketika melapor ke Polsek Porong menceritakan, bahwa, saat kejadian sekitar pukul 02:30 WIB, suasana sedang sepi. Saat itu, dia bersama Zainul sedang bertugas malam hari. "Seperti biasanya layaknya pembeli, ada dua pelaku masuk ke toko hendak membeli sebungkus rokok. Saat saya diambilkan, satu pelaku mengeluarkan senjata api. Seketika, pelaku satunya lagi yang sebelumnya juga memesan rokok, mengeluarkan celurit dari balik baju,"tuturnya. Tak lama berselang, ada dua

orang laki-laki dari luar yang masuk ke toko dan memaksa untuk menujukkan keberadaan brankas. Tetapi permintaan tersebut ditolak oleh Indra dan Zainul. Tak pelak, pelaku semakin marah dan beringas. Tanpa banyak kata, salah satu pelaku menyabetkan celurit ke arah kepala Indra yang mengenai bagian kepalanya. Dengan bercucuran darah, akhirnya Indra membukakan laci kasir dan pelaku langsung mengambil uang sebesar Rp. 15 juta yang tersimpan didalam laci kasir. Kemudian, Indra dan Zainul digiring ke gudang yang terletak dibelakang toko dan

dikunci dari luar. "Saat pelaku kabur, membawa uang, rokok dan handphone. Kemudian saya berteriak minta tolong,"terangnya. Hal senada dikatakan Zainul yang mengaku setelah berhasil lolos dari sekapan, dia langsung membawa Indra ke RS.Bhayangkara Pusdik Gasum Porong karena lukanya cukup parah. "Tak lama kemudian, kembali lagi ke toko untuk mengecek. Ruangan kerja didalam toko sudah acak-cakan “ ujarnya Sedangkan menurut saksi mata sopir di lokasi kejadian yang tak mau disebutkan namanya menjelaskan, saat itu sedang standby di depan toko Alfamart menunggu penumpang. Tak lama, ada 4 orang yang mengendarai 2 unit motor berboncengan mengenakan helm teropong berhenti di depan toko. "Setelah itu, dua orang masuk ke dalam toko dan dua lainnya yang ada di luar, turut masuk. Beberapa menit kemudian, keempatnya keluar dari toko dengan tergesa-gesa dan langusng tancap gas ke arah jalur utama jalan raya SurabayaMalang,"paparnya. Sementara Kapolsek Porong Kompol Drs.Mujiono saat dikonfirmasi terkait perampokan d i Indomart tersebut, enggan memberi penjelasan. (gus/dar/sho)

MOJOKERTO

Dewan Nilai Anggaran PPDB Online Slintutan Mojokerto-HARIAN BANGSA Dewan mempersoalkan anggaran di pos Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dinas P dan K) untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB) Online Kota Mojokerto sebesar Rp 190 juta. Pasalnya, manajemen PT Telkom saat hearing menyebut total biaya yang harus dibayar Dinas P dan K untuk penyediaan aplikasi PPDB Online sebesar Rp 110 juta. Sedangkan Ke-

pala Dinas P dan K Kota Mojokerto, Hariyanto berdalih sisa anggaran PPDB Online dialihkan untuk kegiatan bidang SMP yang notabene tidak berkaitan langsung dengan kegiatan PPDB. "Penyerapan anggaran harus sesuai dokumen RKA (rencana kerja dan anggaran). Kalaupun dari alokasi, ada yang tidak terserap, ya tidak bisa begitu saja menggunakan sisa anggaran diluar peruntukannya," tegas

Wakil Ketua Komisi I (hukum dan pemerintahan) DPRD Kota Mojokerto, Junaidi Malik dengan nada sengit, Kamis (19/6) kemarin. Dinas P dan K Kota Mojokerto, ujar Juned-sapaan akrab Junaidi Malik- harus mempertanggungjawabkan ke publik soal penggunaan anggaran diluar RKA tersebut. "Kegiatan tiap bidang tentunya sudah tercover di pos Dinas P dan K secara kolektif. Jangan serta merta mengalihkan anggaran begitu saja," kecamnya. Apabila Dinas P dan K Kota Mojokerto memil iki alasan yang kuat dan dibenarkan oleh peraturan, lanjut Juned, harusnya dibeber sejak awal. "Yang selalu d isebut, jika biaya apl ikasi PPDB Onl ine sebesar Rp 190 juta. Tapi ternyata realisasinya jauh dibawah angka itu. Sayangnya, soal ini baru terungkap sekarang, ditengah kegamangan masyarakat soal PPDB real time online yang mengusung semangat transparansi," sindirnya. Dewan menilai ada slintutan terkait anggaran PPDB Online setelah anggota Komisi II DPRD Kota Mojokerto, Ach-

mad Rusyad Manfaluti mempertanyakan ke manajemen PT Tel kom soal besaran biaya untuk aplikasi PPDB Online. Diperoleh jawaban, total biaya aplikasi PPDB Online untuk 14 sekolah mulai SMP, SMA/SMK hanya sebesar Rp 110 juta. Hingga hearing berakhir, tak ada jawaban resmi dari tiga pejabat Dinas P dan K yang datang. Sementara itu, hearing lintas komisi yang menghadirkan manajemen PT Telkom dan Dinas P dan K berlangsung panas. Dewan yang mencecar pertanyaan terkait ketidaksinkronan Perwali PPDB dengan SK Kepala Dinas P dan K tentang petunjuk teknis PPDB Online, hanya d ijawab datar dan kesanggupan untuk melakukan koreksi. Begitu juga terkait apl ikasi PPDB Onl ine yang dinilai dewan tak mencerminkan sistem online. "Kesiapan PPDB Onl ine belum matang. Banyak hal yang dimungkinkan menjadi kendala nantinya. Kalau memang belum siap lebih baik dibatalkan saja," lontar Sekretaris Komisi II, Sonny Basuki Raharjo. (yep/sho)


HARIAN BANGSA

Bank Jatim dapat Tambahan Modal Rp 10 M dari Ponorogo PD Sari Gunung dapat Rp 1,2 Miliar Ponorogo-HARIAN BANGSA Dari tiga pengajuan raperda Kabupaten Ponorogo, terkait penyertaan modal atau investasi, dalam rapat pansus komisi B DPRD Ponorogo yang digelar (19/6), hanya Bank Jatim yang dapat tambahan modal akumulatif Rp 10 miliar, sementara PD Sari Gunung harus puas dengan Rp 1,2 miliar dari pengajuan Rp 10 miliar. Tambahan ke Bank Jatim besar karena dinilai mendapat rapot yang baik dalam setoran ke kasda. Dari penyertan modal Rp 2,7 miliar yang diberikan mampu menghasilkan 45% setoran ke kasda atau sekitar Rp 1,4 miliar. ”Untuk Bank Jatim terbukti tahun lalu dari 2,7 miliar mampu menyetor 45% ke kasda, jadi untuk tahun ini, kita rekomendasi Rp 10 miliar,” kata Agus Dernawan SE ketua komisi B dari Fraksi PDI Perjuangan usai memimpin rapat Pansus. “sedangkan PD Sari Gunung, meski kurang sehat, komisi B memandang ada potensi menjadi penghasil PAD yang lumayan besar. Potensi itu dari jasa usaha peledakan. Dari pengajuan Rp 10 miliar hanya direkomendasi sebesar 1,2 miliar untuk rencana perusahaan jangka pendek,”ujar Agus. Pengajuan itu hanya untuk pengadaan dua kompresor dan peralatan lain-lain sekitar satu iliar dua ratus juta. Jumlah itu sudah termasuk untuk truk khusus pengangkut bahan peledak. “Selama ini keluhanya kan karena peralatan yang sudah usang dan luasan perijinan peledakan yang masih hanya di Kecamatan Sampung saja. Setelah melihat rencana kerja tadi penghasilan terbesar justru dari jasa peledakanya kira-kira mampu menghasilkan satu miliar per tahun,”imbuh Agus. Masih Lanjut Agus Dermawan Politisi Sinior dari PDI Perjuangan ini, PDAM masih harus menyelesaikan nilai hutangnya dengan Pemerintah Pusat. ”Kita sarankan untuk melakukan restrukturisasi hutang saja,”papar Agus. Agus meluruskan, asset yang berupa saluran dan sebagainya dulu merupakan hutang daerah sebelum diserahkan ke PDAM. Jadi awalnya merupakan hutan daerah. “Kalau secara hitung-hitungan sudah untung sebenarnya. Maka kita rekomendasikan restruturisasi hutang,”terang A g u s . (berita advetorial DPRD/ ays/ Po1)

Agus Dermawan SE

JUMAT, 20 JUNI 2014

4

Kadisbun Jatim Pimpin Tanam Awal Tembakau di Jember Jember-HARIAN BANGSA Mengawal i musim tanam tembakau di Jawa Timur tahun ini, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur, Ir. HM. Samsul Arifien, MMA, berkenan menghadiri tanam awal tembakau jenis Besuki Na Oogst pada akhir bulan Mei 2014 di Desa Sabrang Kecamatan Ambulu Jember. Acara yang dikemas dalam selamatan rakyat, d ihad iri Kepala Dinas Hutbun kabupaten Jember dan jajarannya, Camat, Kapolsek, Komandan Koramil Kecamatan Ambulu serta tokoh pertembakauan dan para petani tembakau. Kadisbun Jatim yang hadir bersama seluruh jajaran Dinas Perkebunan Jawa Timur berikut ibu-ibu Darma Wanita menambah kemeriahan suasana acara tersebut. Sedangkan tokoh pertembakauan yang hadir di adalah Prof. Dr. Samsuri Tirtosastro (Universitas Tribuana Tunggadewi Malang), Dr. Ir. Josi Aliarifandi (Universitas Negeri Jember) dan HM. Koentjoro, DA (Indonesian Tobacco Association). Budaya tanam awal tembakau telah ada sejak lama di Jember, dengan budaya yang mereka namakan “soyo” (gotong royong). Sejak dulu, ketika mengawali tanam tembakau masyarakat Jember melakukannya secara bersama. Diawali dengan pemukulan kentongan bertalu – talu untuk mengumpulkan petani, menandai dimulainya tanam tembakau. Secara bersama petani di satu desa bergotong royong menanam tembakau di suatu lahan

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur, Ir. HM Samsul Arifien menanam bibit tembakau. mil ik petani sampai selesai. Dilanjutkan secara bergiliran ke petani lain pada hari – hari berikutnya, tetap dilakukan bersama-sama sampai seluruh petani selesai tanam. Budaya inilah yang diangkat kembali dalam acara tanam awal tembakau Jawa Timur yang dihadiri Kepala Dinas Provinsi Jawa Timur, Ir. HM Samsul Arifien, MMA. Setelah Kepala Dinas Provinsi Jawa Timur, Ir. HM Samsul Arifien berbincang singkat dengan para tokoh pertembakauan, acara langsung diawali dengan tanam awal tembakau. Diawal i dengan pemukulan

kentongan bambu bertalu – talu oleh Kadisbun Jatim, beliau memimpin tanam awal tembakau diiringi oleh petani pembawa tugal untuk melubangi tanah, gadis pembawa bibit tembakau, dan gadis pembawa kendi untuk menyiram bibit yang semua berpakaian khas petani. Sementara Kadishutbun Jember dan para tokoh pertembakuan mengikuti Kadisbun Jatim untuk turut serta tanam awal tembakau. Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, disertai doa agar tembakau Jawa Timur berhasil mencapai hasil panen yang baik, Kepala Dinas Provinsi

Jawa Timur, Ir. HM Samsul Arifien menanam bibit tembakau. Semua petani yang hadir bertepuk tangan meriah dan mereka tidak dapat menyembunyikan rasa bangga dan gembira yang tergambar pada raut muka yang penuh optimisme menatap masa depan yang lebih cerah. Dalam sambutannya Kepala Dinas Provinsi Jawa Timur, Ir. HM Samsul Arifien, MMA kembali memberikan penegasan bahwa pemerintah, khususnya Pemerintah Provinsi Jawa Timur tetap akan memfasilitasi para petani tembakau. Fakta di Indonesia menunjukkan bah-

wa petani tembakau di Indonesia belum bisa mencukupi kebutuhan nasional yang mencapai 286 ribu ton, sementara produksi tembakau nasional hanya sekitar 206 ribu ton, sehingga industri rokok di Indonesia sebagian masih mengimpor tembakau sebesar ± 80 ribu ton. HM. Koentjoro, DA dari Indonesian Tobacco Association menyebut kan tantangan sebenarnya bukan bagaimana menurunkan produksi tembakau, tetapi bahkan malah mampukah petani tembakau kita mencukupi kebutuhan nasional. Kadisbun Jatim juga merasakan keprihatinannya terhadap tanaman tembakau di Indonesia yang sebagian telah hilang/ punah seperti Tembakau Deli (Sumatera), tembakau Voorsternlanden (Klaten) yang tinggal sedikit dan menurunnya areal tembakau Palembang, Lampung, Sulawesi Selatan dan lainya. Sebagai wujud syukur bahwa Tuhan telah mengaruniakan tanaman tembakau dan hingga sekarang tembakau Jawa Timur masih siap untuk dibudidayakan, Kepala Dinas Provinsi Jawa Timur, Ir. HM Samsul Arifien, MMA berkenan memotong tumpeng yang telah disediakan didampingi oleh Ibu Kadisbun Jatim, serta diikuti oleh Sekretaris Dinas Perkebunan Jawa Timur, Drs. Djumadi Widodo beserta ibu. Selanjutnya ibu-ibu darma wanita dan para hadirin dengan antusias membagi tumpeng beserta lauknya untuk dihidangkan bersama. (adv/dhanny)

Dari Ajang Muskomwil Apeksi Madiun

Diramaikan Beberapa Produk Unggulan Madiun-HARIAN BANGSA Aneka produk unggulan dari berbagai kota ikut meramaikan pameran kegiatan Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) IV Asosiasi Pemerintah Kota

Seluruh Indonesia ke-10 di Kota Madiun, Jawa Timur, pada 17-18 Juni 2014. Wali Kota Madiun Bambang Irianto, Selasa, mengatakan, pameran diikuti 13 kota se-

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Mojokerto Amin Wakhid, Ssos MSi

KKPT Kota Mojokerto Gaguk Prasetyo Kepala

Dinas Kesehatan Kota Mojokerto Cristiana Indah Wahyu Kepala

Bagian Hukum Setda Kota Mojokerto Pudji Hardjono

Bagian Umum Setda Kota Mojokerto Tjatur Susanto Kepala

Satpol PP Kota Mojokerto Agus Supriyanto Kepala

Dinas Pertanian Kota Mojokerto Hari Moerti Kepala

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto Hariyanto Kepala

Badan Kepegawaian Daerah Kota Mojokerto Endri Agus Subiyanto Kepala

Dishub dan Informatika Kota Mojokerto Ruby Hartoyo Kepala

MKKS SMK Negeri/Swasta Kota Mojokerto

MKKS SMA Negeri Kota Mojokerto

Regional Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Masing-masing daerah akan menampil kan berbagai produk unggulan. "Dengan pameran produk unggulan diharapkan dapat mendongkrak promosi produk khas Kota Madiun agar lebih dikenal masyarakat luas. Penjualannya juga naik karena tingkat kunjungan ke Kota Madiun diharapkan meningkat," ujar Wal i Kota Bambang Irianto saat pembukaan pameran produk unggulan di Alun-Alun Kota Madiun. Dalam ajang tersebut, Pemerintah Kota Madiun mengenalkan wisata kuliner khas, yakni nasi pecel atau sambal pecel. Pemerintah Kota Mad iun menggandeng sejumlah pengusaha industri rumah tangga sambal pecel untuk menyajikan produk tersebut. Selain itu, juga disajikan produk unggulan lain, seperti jajanan madumongso, yakni makanan jenis jenang yang berasal dari ketan hitam dan tape. Serta batik khas Kota Madiun. Bambang menambahkan, terdapat sejumlah agenda besar dalam Muskomwil IV Apeksi di Kota Madiun. Di antaranya, pameran produk unggulan, pawai

Wali Kota Bambang Irianto saat pembukaan pameran produk unggulan di Alun-Alun Kota Madiun. budaya, jamuan makan malam, rapat pleno, dan "city tour" Kota Madiun. Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Idrus, memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Madiun terkait pembukaan pameran dan kegiatan Apeksi di kota setempat. "Dengan Apeksi, kerja sama di antara pemerintah daerah dapat terjalin dengan baik. Diharapkan, kegiatan Apeksi terus berkembang sehingga dapat memotivasi masing-masing

pemerintah daerah," kata Idrus. Adapun, 13 kota se-regional Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat yang menjadi peserta Muskomwil IV Apeksi ke-10 tahun 2014, adalah Kota Madiun, Pasuruan, Kediri, Mojokerto, Probolinggo, Surabaya, Malang, Blitar, dan Batu. Sedangkan dari luar Jawa Timur yakni, Kota Mataram dan Bima (Nusa Tenggara Barat), Kota Denpasar (Bali) dan Kota Kupang (Nusa Tenggara Timur). (adv/dhanny)


5

HARIAN BANGSA

JUMAT, 20 JUNI 2014

96 Tahun Kota Mojokerto Menuju Service City

Walikota Ajak Tingkatkan Layanan dan Prestasi Berbagai prestasi telah diraih Kota Mojokerto di bawah kepemimpinan Walikota H Mas’ud Yunus dan H Suyitno selaku Wakil Walikota. Prestasi itu mulai dari bidang kesehatan, lingkungan hidup hingga pendidikan. DIANTARA deret prestasi itu adalah Penghargaan Gizi dari Provinsi Jawa Timur berupa penghargaan atas keberhasilan Kota Mojokerto dalam peningkatan status gizi remaja dan lansia Tanggal 25 Januari 2014. Penghargaan dari Presiden RI kepada Kepala Daerah Berkinerja Terbaik sebagai Satya Lencana Karya Bhakti Praja Nugraha Tanggal 25 April 2014. Kota Mojokerto mendapat penghargaan sebagai Kota Penggerak Koperasi selama 3 tahun berturut turut. Penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Mendikbub pada SD Negeri Wates II sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri Tanggal 5 Juni 2014. Penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri Nasional diraih SMA Negeri 2. Peraih Juara Pertama Lomba Cerdas Tangkas P4 Nasional oleh SMA Negeri 1, juara 3 tingkat Negara Asia diraih Azizah pembalap sepeda putri nasional dari SMA Negeri 3 dan SMK Negeri I sebagai salah satu sekolah terbaik dan berprestasi ditingkat nasional. Bagus Pramita Adinugroho Pelajar SD Permata Meri juara pertama Lomba Dalang Cilik Nasional. Walikota Mojokerto H Mas’ud Yunus saat ditemui HARIAN BANGSA menjelaskan, prestasi pendidikan Kota Mojokerto merupakan keberhasilan pelaksanaan Program Kota Mojokerto Berlingkungan Pendidikan (PKMBP). Menurut Walikota, PKMB bertujuan untuk

meningkatkan tanggung jawab dan kepedulian para orang tua terhadap perkembangan pendidikan anakanaknya. Meningkatkan peran dan fungsi keluarga sebagai lembaga pendidikan yang utama dan terutama. Mewujudkan lingkungan keluarga yang harmonis dan saling menghormati berdasarkan ajaran agama serta nilainilai budaya. PKMBP juga membentengi anak dan keluarga dari pengaruh negatif yang dapat merusak mental, fisik dan pengaruh idiologi serta budaya yang bertentangan dengan faham dan nilai luhur bangsa Indonesia. ”Keberhasilan dunia pendidikan berkat arahan atau pengawasan pendidikan anak pada usia dini. Keberhasilan itu juga karena peran aktif orang tua dan kerja sama yang sangat baik dalam melaksanakan program ‘jam wajib belajar 60 menit di rumah’. Hal itu bisa dipakai salah satu indikator keberhasilan terciptanya generasi muda yang tangguh, cerdas, berprestasi disegala bidang dan berakhlak baik, juga peningkatan kualitas maupun mutu pendidikan di Kota Mojokerto,” jelas walikota. Dalam Peringatan hari jadi walikota menyampaikan, dengan semangat Hari Jadi Kota Mojokerto yang ke- 96, segenap pegawai Pemkot Mojokerto diharapkan meningkatkan kinerjanya dalam meraih prestasi yang lebih tinggi lagi. Semua satuan kerja harus memberikan pelayanan sebaik baiknya kepada seluruh masyarakat Kota Mojokerto, demi terwujudnya Service City Kota Mojokerto yang sehat, aman, berprestasi, maju, sejahtera dan bermoral. (rochmad aris)

Wapres Budiono menyerahkan Piala kepada Sang juara dalang cilik nasional Bagus Pramita Adi Nugroho

Walikota Mojokerto H Mas’ud Yunus saat menerima penghargaan dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Syarif Hasa di Jakarta sebagai kota penggerak koperasi untuk kali ketiga

Walikota didampingi Kepala Dinas Pendidikan saat memamerkan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri SDN Wates II.

Setelah meninjau kegiatan sosial operasi katarak di Puskemas Wates, Walikota foto bersama dengan para Satuan Kerja.

Para pelajar SMAN 1 yang merebut juara pertama Lomba Cerdas Tangkas P4 Nasional.

Walikota saat foto bareng dengan guru berprestasi nasional dan para guru SMAN 3.

Sambut HUT dengan Berbagai Kegiatan

Dari Operasi Katarak hingga Bedah Kampung DALAM merayakan Hari Jadi Kota Mojokerto ke-96 berbagai kegiatan telah, sedang dan akan dilaksanakan. Mulai dari kegiatan karnaval olahraga hingga kegiatan sosial. Kegiatan sosial yang digelar berupa operasi katarak yang bekerjasama dengan Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) Surabaya. Kegiatan dilakukan di Puskesmas Wates Kecamatan Magersari dan dihadiri Walikota Mojokerto, Kamis (19/6). “Kegiatan sosial dalam rangkaian hari jadi Kota Mojokerto berupa operasi katarak ini diharapkan bisa menurunkan angka kebutaan. Kita berharap juga meningkatkan derajat kesehatan serta produktifitas masyarakat kota Mojokerto,” kata Kepala Dinas Kesehatan Christiana Indah WW. Petugas tenaga kesehatan yang terlibat dalam operasi katarak massal ini yaitu 1 tim dari Balai Kesehatan Mata

Masyarakat (BKKM) Surabaya, Dokter Spesial is Mata dari Bapelkes dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto, dokter dari masing-masing Puskesmas kota Mojokerto dan perawat dari Puskesmas kota Mojokerto. Wal ikota Mas’ud Yunus dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Pemkot Mojokerto pada masyarakat dan untuk mewujud kan visi kota Mojokerto sebagai service city yang maju, sehat, cerdas, sejahtera dan bermoral. “Dengan kondisi mata yang baik, diharapkan akan dapat meningkatkan kemandirian dan produktifitas kehidupan,” harapnya. Selain itu, Pemerintah Kota Mojokerto juga terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan baik di tingkat dasar, yakni di puskesmas, maupun di tingkat rujukan, yakni rumah sakit, untuk meningkatkan

Walikota memimpin upacara di SMKN 1 kota Mojokerto untuk memberi motivasi dalam berprestasi.

derajat kesehatan masyarakat. Untuk kegiatan keagamaan pada tanggal 21 Juni 2014 Pemkot akan menggelar sema’an Alquran yang dimulai pukul 05.15 WIB (pagi) serentak di semua masjid maupun musala yang ada di Kota Mojokerto. Kemudian pada pukul 13.00 WIB, pemkot menggelar zikir akbar. Sedangkan untuk program bedah kampung akan diusahakan pembangunan maupun perbaikan sarana dan prasarana disetiap kampung yang ada diwilayah Kota Mojokerto. Bedah kampung ini memiliki tujuan sebagai pemerataan pembagunan. Pembangunan kampung atau desa akan dilaksanakan dengan tujuan menyelaraskan laju pertumbuhan dimasing masing kampung, serta menyerasikan keseluruhan pembangunan di setiap kampung dengan prioritas dan potensi wilayah masing-masing.

“Untuk itu dukungan penuh dari seluruh masyarakat sangat diperlukan demi lancarnya program bedah kampung di seluruh Kota Mojokerto,” kata H Mas’ud Yunus Walikota Mojokerto kepada HARIAN BANGSA, kemarin (19/6). Tujuan dari bedah kampung ini untuk mengubah suatu kampung atau lingkungan yang dihuni oleh komunitas dengan berbagai permasalahan sosial ekonomi, menjadi wilayah yang maju dengan komunitas yang lebih berkualitas menjadi tingkat perkembangan ekonomi yang tinggi serta dengan berbagai sarana dan prasarana umum yang sangat memadai. Program bedah kampung, merupakan salah satu upaya memotong mata rantai kemiskinan. Waikot mengutarakan, semangat bedah kampung adalah semangat kebersamaan, kesetiakawanan sosial

Walikota tak segan hadir di tengah warga untuk ikut kerja bhakti bareng.

Walikota sedang blusukan saat meninjau semua saluran sungai kecil agar tak dijadikan tempat pembuangan sampah. yang dapat menjadi semangat bagi terwujudnya masyarkat yang sejahtera. Pendekatanya mensinergikan kebutuhan akan keberlanjutan ekonomi, lingkungan dan peningkatan kesejahteraan sosial. Bedah Kampung juga menjadi investasi sosial yang pada gilirannya akan memperlancar penyelenggaraan kesejahteraan sosial. “Keberhasilan membangun hubungan baik dengan masyarakat Kota Mojokerto, menjadi kekuatan untuk hubungan lebih luas dengan stakeholder daerah. Keterlibatan para stakeholder dalam Program Bedah Kampung ini bertujuan agar terjalin hubungan harmonis antar para stakeholder terutama masyarakat. Dengan demikian akan membuka komunikasi yang santun, bersahabat dan produktif. Kemudian menumbuhkan rasa saling memiliki, rasa ikut andil terhadap keberhasilan pembangunan masyarakat serta membuka ruang bagi para stakeholder.

”Bedah kampung nantinya diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang serta menghasilkan kemandirian masyarakat yang berkelanjutan serta berdampak positif terhadap kinerja pemerintah. Partisipasi seluruh pihak baik pemerintah, masyarakat, dunia usaha dan media massa sangat diperlukan untuk suksesnya Program Bedah Kampung ini, dan juga demi terwujudnya Service City Kota Mojokerto,” jelasnya. Program bedah kampung yang akan dilaksanakan ini, ternyata mendapat sambutan hangat dari masyarakat Kota Mojokerto. Indra (54) salah satu warga kota sangat menyambut baik program bedah kampung. “Memang sudah saatnya, membangun maupun merehabilitasi semua sarana prasarana umum, yang semua itu dalam rangka menciptakan tingkat pertumbuhan perekonomian yang lebih baik dan meningkatkan kesejahterann seluruh warga kota,” harapnya.(aris)


HARIAN BANGSA JUMAT , 20 JUNI 2014

Lailatul Ijtima’ NU Krucil PROBOLINGGO – Kegiatan lailatul ijtima’ yang digelar Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Rabu (18/6) malam, terasa berbeda. Pasalnya, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pembahasan program kerja sekaligus serap aspirasi dari tingkat paling bawah. Lailatul ijtima’ atau pertemuan malam warga NU ini diikuti seluruh pengurus NU mulai dari wakil cabang, ranting, hingga anak ranting, baik lembaga, lajnah maupun badan otonom (banom). Tidak sekadar membahas, program-program tersebut juga disampaikan kepada segenap warga NU untuk mendapatkan saran dan masukan demi kesempurnaan program kerja. “Program kerja ini akan dilakukan yang manfaatnya untuk sebesar-besarnya bagi warga NU. Jadi meminta saran dan masukan dari warga NU sangatlah penting agar program itu benar-benar dapat dirasakan oleh warga NU,” ungkap Rais Syuriah MWCNU Kecamatan Krucil Moh. Bahrawi. Menurut Bahrawi, lailatul ijtima’ ini merupakan salah satu media yang sangat efektif dan tepat untuk dilakukan pembahasan program kerja. Sebab di tempat ini para warga NU banyak yang datang. Berbeda jika program ini disampaikan dalam acara formal. “Lailatul ijtima’ ini bukan hanya sekedar pertemuan rutin yang dilaksanakan pada malam hari saja, namun dibalik kegiatan tersebut juga terjalin hubungan silaturrahim yang cukup kental dan erat diantara sesama warga NU. Sehingga kesempatan ini sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan untuk menyampaikan program kerja,” jelasnya. Lailatul ijtima’ ini diawali dengan sholat Isya’ berjamaah. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan surat Yasin dan tahlil. Selanjutnya dilakukan sholat Ghaib, sholat Hajat dan istighotsah. Setelah itu baru dilakukan diskusi untuk membahas persoalan yang dihadapi oleh warga nahdliyin. (nuo/sal)

6

Pandangan Fikih soal Sekuriti Sistem Parkir SEKARANG ini parkir telah menjadi bagian dari kehidupan bersama apalagi bagi masyarakat kota. Hampir di semua pemberhentian kendaraan selalu ada parkir. Mulai dari warung makan, mini market, bahkan juga gerai ATM. Tidak ada istilah gratis dalam jasa penitipan kendaraan, semua ada biayanya. Sebagai konsekwensinya, pengelola parkir akan menjaga kendaraan tersebut sekuat tenaga dan bertanggung jawab bila terjadi kerusakan apalagi kehilangan. Demikianlah idealnya. Akan tetapi kebanyakan pengelola parkir cenderung lepas tanggung jawab. Mereka tidak ingin dituntut bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Karenanya seringkali kita melihat tulisan yang berhubungan dengan hal ini “Apabila terjadi Kerusakan atau Kehilangan Sepenuhnya Tanggung Jawab Pemilik” atau dengan lebih halus “Pengelola tidak bertanggung jawab jika terjadi kerusakan atau kehilangan”. Sehingga terbersit dalam benak masyarakat bahwa pengelola parkir hanya mau menerima uangnya saja, mereka tetapi tidak mau menerima resikonya. Bagaimanakah sebenarnya fiqih melihat fenomena semacam ini? Dalam perspektif fiqih, parkir dapat dikategorikan sebagai masalah wadiah (titipan). Wadiah mengandaikan adanya dua fihak antara fihak pertama selaku pemilik barang yang berkepentingan menitipkan barangnya dan fihak kedua penerima titipan yang merasa sanggup menjalankan amanah. Pada dasarnya wadi’ah tidak akan terjadi apabila fihak kedua (orang yang amanah) menolak untuk dititipi. Namun syara’ dengan hukum sunnahnya memberikan pahala bagi orang-orang amanah yang mau menerima titipan. Dengan kata lain, kepentingan

Lima Tahun Prestasi UN MAGELANG – Selama lima tahun berturut-turut SMK Syubbanul Wathon (SMK SW) Pondok Pesantren Asrama Pelajar Islam (API) Asri Tegalrejo, Magelang berhasil meraih nilai ujian nasional terbaik se-Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Sekolah kejuruan yang terintegrasi dengan Pondok Pesantren ini kian menjadi sekolah favorit, tak hanya di tingkat Magelang tapi juga Jawa Tengah. Di tingkat provinsi, peringkat ujian nasionalnya juga masuk dalam deretan 40 besar. Nilai rata-rata ujian nasional 32,73 atau setara dengan 8,1. Terdapat 20 siswa yang mendapatkan nilai sempurna 10 untuk pelajaran matematika. Sebanyak 157 siswa, Rabu (18/6), diwisuda Kepala Sekolah SMK SW KH Achmad Izzuddin. "Keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras seluruh komponen di sekolah dan para pengasuh pondok pesantren. Setiap hari kecerdasan akademik dan spiritual diasah. Ini sejalan dengan sistem pendidikan di sini," kata Gus Din, sapaan akrab KH Achmad Izzudin. Menurutnya, para siswa yang sekolah di SMK SW pasti menjadi santri pondok pesantren. Dari pagi hingga pagi lagi para siswa mengikuti kegiatan sekolah dan jadwal pondok pesantren, seperti mengaji dan mujahadah. "Anak-anak sejak masuk sudah dibiasakan dengan shalat malam dan mujahadah, dilakukan terus menerus tiap hari. Di sini tak hanya mau ujian saja melakukan shalat malam dan mujahadahnya,’’ujarnya. (nuo/sal)

terbesar (yang bersifat aktif) pada dasarnya berada pada fihak penitip barang, sedangkan fihak penerima titipan hanya menerima saja (bersifat pasif). Oleh karena itulah sistem wadiah dalam fiqih tidak memberatkan kepada pihak kedua selaku fihak yang dititipi. Sehingga tidak ada kewajiban menanggung resiko apalagi mengganti bila terjadi kerusakan atau kehilangan, selama fihak kedua bertanggung jawab penuh dan tidak ada keteledoran dalam penjagaan. Namun, bila kehilangan dan kerusakan barang itu terjadi karena keteledorannya, maka wajibKH bagi pihak kedua mengganti titipan tersebut. Dalam Ghayah wat Taqrib Imam Abu Suja’ menerangkan: Wadiah (barang titipan) adalah satu amanat yang disunnatkan menerimanya bagi orang yang sanggup memegang amanah. Ia tidak menanggung resiko, kecuali karena kelalaiannya. Dijelaskan pula: ...Baginya (orang yang dititipi) wajib menyimpannya (barang titipan) ditempat penyimpanan yang pantas... Teks di atas menunjukkan bahwa menerima titipan bagi orang yang amanah hukumnya sunnah, tetapi menyimpan dan menjaga titipan itu dalam tempat yang aman adalah wajib. Demikianlah seharusnya sistem perparkiran yang berlaku di masyarakat kita. Pengelola parkir yang menerima sejumlah upah harus menyiapkan diri sebagai orang yang amanah dan bertanggung jawab. Bentuk amanah dalam konteks kekinian dapat direpresentasikan dalam berbagai sisitem keamanan (security sistem) mulai dari pendataan, penjagaan hingga pengembalian. Sehingga tidak perlu lagi ada kalimat “Pengelola tidak bertanggung jawab jika terjadi kerusakan atau kehilangan”.(nuo/sal)

Silaturrahim Siapa bilang warga NU tidak punya agenda kegiatan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan? Kegiatan itu ternyata banyak sekali jumlahnya mulai dari tahlilan, yasinan, walimahan/pernikahan, pengajian rutin, imtihan/ wisuda, seminar, diskusi dan masih seabreg jika disebut satu persatu. Ingin dimuat di HARIAN BANGSA? Mudah. Cukup ketik SMS ya, kirim ke 08123064028 atau email: bangsasilaturrahim@gmail.com. Jangan lupa: Nama, Alamat, dan kegiatannya, kalau ada fotonya yang menarik, ya. Saya muat di Harian BANGSA [korane warga NU]. Itung-itung dokumen pribadi. Kalau dimuat, dibingkai pigora yaaa. Apakah ada yang sulit, SEDULUUUUR?????

08123064028 - 081216031525 Penerimaan Santri Baru Ponpes Nur Khodijah 2 Mambaul Ma’arif JOMBANG – Pondok Pesantren Putra-Putri Nur Khodijah 2 Mamba'ul Ma'arif, Jalan KH Bishri Syansuri No 73, Denanyar, Jombang, menerima pendaftaran santri baru dan beasiswa santri Tahfidzul Qur'an & santri mandiri, dengan Lembaga Pendidikan RA-MI Mamba'ul Ma'arif, MTs-MA, MualliminMuallimat, MTsN-MAN Denanyar, SMK

Bishri Syansuri, Lembaga Bahasa Arab-Inggris. info lebih lanjut hubungi: 082302384130 (Agus Abdur Rosyid bin KH Hafidz Ahmad Bishri).

Kajian Alquran KH Salim Imron SIDOARJO-Takmir Masjid Besar Al-Hidayah Jalan Ahmad Yani 55 Gedangan Sidoarjo mengadakan kajian Alquran dan tanya jawab bersama KH Muh Salim Imron pada

Ahad Kedua setiap bulan. Dilaksanakan bakda salat Subuh, diakhiri dengan salat Dhuha dan Hajat. Pada Ahad Keempat, materinya diganti Kajian Hadis.

Berbagi Berkah di Bulan Ramadan SURABAYA-Lembaga Zakat Infaq Sedekah NU (Laziznu) Jatim akan mengadakan berbagi berkah di bulan Ramadan 1434 H. Kegiatan ini melibatkan anak-anak jalanan dan

bangsasilaturrahim@gmail.com

guru-guru ngaji. Bagi yang berminat untuk kerjasama dalam kegiatan tersebut silakan hubungi panitia, Amarruddin Zuhro 087952308848. (Ketua PC LTN NU Tuban, Mohammad Syihabuddin)

Full Kajian Kitab dan Bahtsul Masail NGANJUK-Hadirilah kegiatan rutin di Masjid Jamik Al-Falah Desa Pelem Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk setiap rabu Malam Kamis

pukul 19.30: 1. Pengajian ASWAJA An-Nahdliyah oleh K Sulton Abdul Hadi; 2. Pengajian Kitab Riyadhus Shulihin oleh KH Athour Rochiem; 3. Tafsir Alquran oleh Ustd Drs Imam Masyhadi Al-Hafidh; 4. Pengajian Kitab Iryadul Ibad oleh KH Hasan Bisyri; 5. Lailatul Ijtimak dan Bahtsul Masail Malam 15 Qomariyah oleh Drs KH. M. Da’in Masyhuri MM; 6. Jam’iyatul Qurro Sabtu malam Ahad oleh Ustd H Khoiruddin; 7. Ahad Legi Khataman Alquran Putra Bil-Ghoib. (Athour Rohman Wahid)

KARIR

SIDOARJO- Pengajian rutin Kitab Wahiyatul Musthofa yang diasuh oleh KH Masyhudi Mukhtar di Masjid AlMubarok Jl KH Sulaiman Gemurung Gedangan. (Samsul Fuad Bakri)

Haflatul Kubro Tambak Beras

Kubro dan Harlah PP Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang ke-189 dan Haul Muassis Masyayikh PP Bahrul Ulum pada tanggal 21 Juni 2014, pukul19.30-selesai. Acara akan diisi oleh Habib Luthfi bin Yahya Pekalongan, Habib Umar bin Ahmad Muthohar Semarang, dan Habib Jamal bin Toha Ba'aqil Malang. (Dr. KH. M. Hasib Wahab Hasbullah/Ketua Majelis Pengasuh PP Bahrul Ulum)

JOMBANG – Hadirilah Haflatul

ELEKTRONIK

LOWONGAN

KERJASAMA

Pengajian Kitab Washiyatul Musthofa

ELEKTRONIK

LOWONGAN

up*15/6-14/7/14

DICARI SUPLAYER Tali Paperbag dgn Pengait Plastik Diujungnya Hub: CV TIGA PUTRA JAYA Villa Kalijudan Indah Blok O No.44 Sby Telp. 031-3819180, 03191105599

MESIN

JUAL & PASANG PARABOLA, Big TV, Orange TV, Skynindo, K.Vision, Bebas Iuran & Service. Hubungi: 031-31377110, 081333340482 up*13/6-12/7/14

SERVICE

hw*21/5-21/6/14

KERJASAMA BAGI HASIL Dicari Karyawati Berbakat Membuka Usaha STMJ, Es Jus, dll. Jl.Raya Kedungdoro No.221 Sby Hub: 031-70181519 hw*14/6-14/7/14 fn*30/5-28/6/14 fn*17/8-16/7/14

fn*3/6-2/7/14

CV ROSEMONT, Office: Sidokare Indah Sda. Terima Jasa Teknik Sipil, Mechanical Electrical, Genset, Forklift, Process Control, AC, Frezer, Kulkas, Pendingin, Jual / Beli AC Baru/Bekas. Hub: Pak Khusairi Telp. 03191421029, 087754012229, 081554368867

hw*17/5-17/6/14

up*3/6-2/7/14

up*20/6-19/7/14

ELEKTRONIK

up*20/5-20/6/14 fn*23/6-22/7/13

up*17/6-16/7/14

SUMBER TEKNIK SERVICE AC, Kulkas & Dispenser, Bongkar Pasang Kulkas, Freezer, Filter + Jual Beli. Hub. 03171991258, 081231434308

hw*31/5-30/6/14

LOWONGAN

up*26/5-26/6/14 fn*24/5-24/6/14 fn*28/5-27/6/14

TRADE OIL Mengajak Mitra Bisnis tuk Berdagang Minyak Dunia atau Oil ! Profid Harian Modal Bisa Tarik Tiap Saat ! Segreged acount Aman dan Menguntungkan ! Info di 081232590259 Nandi

fn*19/6-25/8/14

up*10/6-8/7/14

hw*16/5-16/6/14

MANDIRI AC & VARIASI Isi Freon, Oli Kompresor, Ganti Sparepart, AC Bau tdk Sedap, Service, Jg Melayani Kelistrikan Lampu, Klakson, Pasang & Service: Centralock, Alarm, Power Window, Radio, DVD, USB, dll. Bengkel: Banjar Sugian 91 dkt Station Kandangan 031-71070980, 085645400331 Siap Panggil Sby Barat

hw*10/6-10/7/14 up*3/6-2/7/14

DICARI PRT / BABY SITTER / Semi Langsung Kerja. Hub. 031-70213989, 081332548910

DIBUTUHKAN MARKETING Secepatnya Komisi dan Insentif Menjanjikan, Punya Kendaraan Sendiri + SIM C, L/P, Pendidikan SMA, Kirim: Lamaran ke CV. TIGAPUTRAJAYA Villa Kalijudan Indah Blok O No.44 Sby

up*3/6-2/7/14

hw*21/5-21/6/14

PASANG BARU BIG TV Cukup Bayar Rp. 210.000 Dapat 2 Bln All Chanell dan 1 Bln Paket Basic . Hub: 031-31174999, 71284499

up*3/6-2/7/14

hw*5/6-5/7/14

up*11/6-10/7/14

FOTO COPY up*30/5-30/6/14

IR 5000 / 6000 / 6570, NP 6551 / 6545 / 6050 / 6035 / 6030. Harga Mulai 5 Jutaan. Manunggal Kebonsari No 17. Hub : (031)72666777, 081331660077. up*

JUAL SPARE PART FOTO COPY Protolan (Mutilasi) Terlengkap se Indonesia IR5000, 6570, 5075, 5050 Series + Service Elektronik Hubungi: 031-72150150, 71150150, 08883778377 up*3/6-2/7/14

up*17/6-16/7/14


7

HARIAN BANGSA

JUMAT, 20 JUNI 2014

Pilih Pemimpin yang Mudharatnya Kecil

Wanita Masuk Neraka karena Kucing

ALKISAH ada seorang wanita yang dari golongan Himyariyah Israiliyah yang memiliki seekor kucing. Kucing itu dia masukkan ke dalam kandang dan menguncinya. Namun kucing tersebut tidak diberi makan oleh wanita tersebut, juga tidak pula ia lepaskan untuk mencari makan. Ini menunjukkan bahwa tabiat wanita tersebut sangat buruk. Ia dengan sengaja mengurung kucing tersebut dan tidak memberikannya makanan. Ia sengaja menyakiti kucing tersebut dengan mengurungnya sepanjang siang dan malam. Kucing itu mengeong memelas meminta bantuan karena kelaparan dan kehausan, namun wanita tersebut bergeming tidak melepaskan kucing tersebut. Hatinya begitu keras tak menghiraukan erangan kucing yang kehausan dan kelaparan itu. Hingga akhirnya kucing tersebut mati mengenaskan di dalam kandang. Padahal jika memang benar si wanita ini ingin supaya kucing tersebut tetap di rumahnya, ia dapat memberi makan dan minum yang membuat kucing tersebut tetap hidup. Rasulullah mengajarkan kita untuk berbuat baik kepada sesama manusia dan semua makhluk Allah, termasuk di dalamnya kucing. Tahukan Anda, dengan berbuat baik kepada hewan, kita dapat meraih pahala. Jika kita tidak ingin atau enggan memberi makan hewan tersebut, lebih baik kita melepaskannya dan membiarkannya bebas di bumi Allah yang luas. Hal ini supaya hewan tersebut mendapat makanan yang dapat membuatnya tetap hidup. Terlebih lagi Allah telah menjamin rizki setiap makhluk-Nya. Kejadian ini mencelakakan wanita itu hingga ia masuk ke neraka. Dalam sebuah hadits shahih Bukhari yang diriwayatkan oleh Asma binti Abu Bakar, Rasulullah bersabda : “Lalu Neraka mendekat kepadaku sehingga aku berkata, ‘Ya Rabbi, aku bersama mereka?’ Aku melihat seorang wanita. Aku menyangka wanita itu diserang oleh seekor kucing. Aku bertanya, ‘Bagaimana ceritanya?’ Mereka berkata, ‘Dia menahannya sampai mati kelaparan. Dia tidak memberinya makan dan tidak pula membiarkannya mencari makan.” Nafi’ berkata, “Menurutku dia berkata, ‘Mencari makan dari serangga bumi.” Hadits shahih dari Muslim dan Jabir juga meriwayatkan hal yang serupa. Dimana Rasulullah melihat surga dan neraka pada saat salat gerhana. Ia melihat wanita tersebut diburu oleh kucing dan terdapat bekas cakaran tergores di wajah dan tubuhnya. Begitu meruginya manusia masuk neraka hanya karena seekor kucing. Maka dari itu sayangilah binatang, jika tidak bisa memeliharanya, jangan mengganggunya dan biarkanlah mereka menikmati bumi Allah yang luas. Semoga setelah membaca kisah wanita masuk neraka karena kucing, kita semakin berhati hati dalam memperlakukan makluk Allah, bukan hanya kucing saja. Tapi memperlakukan baik seluruh makluk ciptaan Allah yang maha pemilik segalanya, agar kita tidak menanggung akibat yang buruk. Aamin. Hikmah 1. Besarnya dosa orang-orang yang menyiksa binatang dan menyakitinya dengan memukul dan membunuh. Wanita ini masuk Neraka karena dia menjadi sebab kematian seekor kucing. 2. Boleh menahan binatang seperti kucing, burung, dan sebagainya, jika diberi makan dan minum. Jika tidak mampu atau tidak mau, maka hendaknya melepaskannya dan membiarkannya pergi di bumi Alloh yang luas untuk mencari rizkinya sendiri. 3. Di akhirat, manusia diadzab sesuai dengan perbuatannya di dunia. Wanita ini diserang oleh seekor kucing di neraka dengan mencakari tubuhnya.(kis/nis)

Ramadan kali ini bisa dikatakan Ramadan yang sangat spesial dan jarang terjadi di negera-negara belahan dunia manapun, terutama di Indonesia. Betapa tidak, selain lantaran memang bulannya spesial karena banyak amalan yang dilipatkan gandakan pahalanya- di bulan Ramadan tahun ini, Indonesia menghadapi momentum yang sangat penting, yaitu memilih pemimpin yang akan menahkodai perahu negeri ini. KALAU melihat ke belakang, banyak peristiwa-peristiwa besar terjadi di bulan Ramadan; awal mula turunnya al-Qur’an, Perang Badar al-Kubra, Fathu Makkah, Tariq bin Ziyad berhasil menguasai Jabal Thariq Andalus, Shalahudin al-Ayyubi dan tentaranya mengalahkan kaum Salib, bahkan sejarah memproklamasikan negara Republik Indonesia pun terjadi di bulan Ramadan, tepatnya tanggal 17 Agustus 1945 M atau 9 Ramadan 1334 H. Namun, sebagai manusia, kita juga dihadapkan dengan sebuah kebingungan untuk memilih. Karena calon yang mengajukan diri sebagai Presiden tidak hanya sa-

tu, melainkan dua orang yang sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Islam telah mengajarkan kepada umatnya bagaimana cara memilih pemimpin. Kaidah umumnya, ketika dihadapkan dengan dua pilihan orang yang sama-sama baik, agama mewajibkan untuk memilih yang terbaik di antara keduanya. Namun, ketika dihadapkan dengan kekurangannya, pilihlah salah satu di antaranya yang memiliki mu-

dharat terkecil. “3T” merupakan tips sederhana untuk memilih pemimpin agar sesuai dengan apa yang diharapkan. Sehingga, Presiden yang terpilih nanti benar-benar bisa mengentaskan permasalahan yang tengah dihadapi negeri ini, insya Allah. “T” yang pertama adalah, Tahu kualitas agamanya. Orang yang mempunyai kualitas agama yang baik tentu akan takut dengan Tuhannya. Kalau dia sudah takut

dengan Tuhannya, maka bisa dipastikan, ia tak akan berlaku semena-mena terhadap rakyatnya dan tak akan menggunakan jabatannya untuk meraup keuntungan pribadi atau golongan. Tapi, ketika dengan Tuhannya saja sudah tidak takut, apalagi dengan rakyatnya? Dia akan berbuat sekehendak nafsunya. “T” yang kedua adalah, Tahu siapa yang mendukungnya. Calon presiden tidak akan bisa maju sendiri tanpa dukungan dari pihak atau

partai lain. Kalau ia didukung oleh partai yang sering melakukan tindak pidana korupsi, maka dalam pemerintahan yang akan terbentuk nanti adalah pemerintahan korup. Sebaliknya, ketika ia didukung oleh partai yang bersih, maka akan terbentuk pemerintahan bersih yang mementingkan kepentingan rakyat. “T” yang ketiga adalah, Tahu visi dan misinya. Seseorang tanpa gagasan ataupun narasi besar dan jelas mustahil bisa menyelesaikan permasalahan Indonesia. Karena permasalahan negeri ini sudah sangat kompleks. Dengan visi dan misi yang jelas itulah seseorang akan bekerja dengan alur yang sudah dirancang dan akan mengevaluasi setiap program yang sudah dilakukan. Tanpa itu, maka ia umpama wayang kulit yang setiap gerak, bicara dan tingkahnya ditentukan dan dimainkan oleh sang Dalang. Semoga dengan tips yang sederhana ini bisa membuat kita menentukan pilihan yang tepat dalam memilih Presiden RI untuk lima tahun mendatang. Ditambah dengan momentum Ramadan, kita berdoa agar Allah memberi petunjuk-Nya, agar kita tak salah dalam memilih. Allahu A’lam. (dak/nis)

Abu Hurairah (8)

Dinikahkan dengan Putri Majikan Kaya ADA cerita menarik menyangkut kehidupan Abu Hurairah ra.dan masyarakat Islam zaman itu. Meski Abu Hurairah ra.seorang papa, boleh dibilang tuna wisma, salah seorang majikannya yang lumayan kaya menikahkan putrinya, Bisrah binti Gazwan, dengan lelaki itu. Ini menunjukkan betapa Islam telah mengubah persepsi orang dari membedakan kelas kepada persamaan. Abu Hurairah ra.dipandang mulia karena kealiman dan kesalihannya. Perilaku islami

telah memuliakannya, lebih dari kemuliaan pada masa jahiliah yang memandang kebangsawanan dan kekayaan sebagai ukuran kemuliaan. Sejak menikah, Abu Hurairah ra.membagi malamnya atas tiga bagian: untuk membaca Alquran, untuk tidur dan keluarga, dan untuk mengulang-ulang hadis. Ia dan keluarganya meskipun kemudian menjadi orang berada tetap hidup sederhana. Ia suka bersedekah, menjamu tamu, bah-

kan menyedekahkan rumahnya di Madinah untuk pembantu-pembantunya. Tugas penting pernah diembannya dari Rasulullah. Yaitu ketika ia bersama Al-Ala ibn Abdillah Al-Hadrami diutus berdakwah ke Bahrain. Belakangan, ia juga bersama Quddamah diutus menarik jizyah (pajak) ke Bahrain, sambil membawa surat ke Amir Al-Munzir ibn Sawa At-Tamimi. Abu Hurairah, Amir Bahrain Abu Hurairah ra.hidup seba-

gai seorang ahli ibadah dan seorang mujahid, tak pernah ia ketinggalan dalam perang, dan tidak pula dari ibadat. Di zaman Umar bin Khatthab ia diangkat sebagai Amir untuk daerah Bahrain, sedang Umar sebagaimana kita ketahui adalah seorang yang sangat keras dan teliti terhadap pejabat-pejabat yang diangkatnya. Apabila ia mengangkat seseorang sedang ia mempunyai dua pasang pakaian maka sewaktu meninggalkan jabatan-

nya nanti haruslah orang itu hanya mempunyai dua pasang pakaian juga. malah lebih utama kalau ia hanya memiliki satu pasang saja! Apabila waktu meninggalkan jabatan itu terdapat tandatanda kekayaan, maka ia takkan luput dari interogasi Umar, sekalipun kekayaan itu berasal dari jalan halal yang dibolehkan syara'! Suatu dunia lain, yang diisi oleh Umar dengan hal-hal luar biasa dan mengagumkan. (bersambung)

Pendekar Kapak Kuning, Robin Hood Tanah Jawa (706)

Ki Nyoto Paksa Anak Buahnya Mbegal JIKA malam-malam sebelumnya, ronda kampung menjad i rut initas, kini, mereka d iminta untuk tetap d iam d i dalam rumah. Ternyata, tengara Dullah memang benar. Ki Nyoto memaksa anak buahnya untuk mulai melakukan begal. Beberapa orang berterus terang kalau mereka menjadi

muslim. Akibatnya jelas. Hanya dengan mengarahkan jari telunjuk, beberapa orang itu satu per satu mati! Karena ketakutan, yang lainnya terpaksa ikut membegal. Ada beberapa orang memilih kabur. Namun, sungguh ilmu milik Ki Nyoto ini luar biasa. Hanya dengan membayangkan wajah orangnya, lalu, jari telun-

juk diarahkan ke satu arah, des! Orang itu tewas, di manapun tempatnya. Jadi, anak buah Ki Nyoto yang sudah bertaubat itu, tak berkutik. Mau tidak mau, mereka mengikuti kemauan pemimpinnya. "Malam ini, kita akan membegal kampung Manyar. Kita ambil ternak mereka sebanyakbanyaknya. Kalau ada yang ma-

rah dan keluar dari rumahnya, biar aku bunuh," kata Ki Nyoto, satu ketika. Ucapan ini, cukup mengejutkan anak buahnya yang menyisakan puluhan orang saja itu. Mau tidak mau, mereka memang benar-benar berangkat ke kampung Manyar. Begitu memasuki kampung Manyar, sungguh satu peman-

dangan yang tak lazim. Belum lagi tengah malam, kampung sudah senyap. Seakan semua sudah tertidur. "Aneh. Biasanya ada yang ronda? Hmm. Mungkin saja Raden Trenggono sudah memberitahu warga kampung sini, untuk menjauhi kita. Ha ha ha. Sekarang, terimalah pembalasanku," kata Ki Nyoto.(bersambung)

PROPERTI JUAL RUMAH RUMAH EKSKLUSIF Siap Huni 2Lt, Dkt Kampus UNESA, Super Mall & Ciputra Water Park, Perum PLKI Blok O/01 Wiyung Sby, Harga 1,9 M / Nego Hub: 08121780407 Pin 211EF317 up*12/6-11/7/14

JUAL CEPAT RUMAH Perumahan Griyo Mapan Sentosa (Tropodo) Dekat Bandara Juanda Lt.6x15 / Lb.90m2 dan Lt.8x15 / Lb.120m2 Hub: 031-72123132, 085851441081

JUAL TANAH

JUAL / KONTRAK RUMAH SHM 4KT 1KM 1KMR TAMU, Simogunung Kramat Timur 2 No.43 Hub: 031-7311631

RUMAH KONTRAKKAN

SPESIAL JUNI, TANPA UANG MUKA, JUAL TANAH KAVLING Murah Tunai / Kredit Uk: 6x9 Angsuran: 500Rb/Bln Balong Panggang, Gresik. Siap Bangun, Dijamin Aman dan Strategis Hub: 031-77127227, 087855280818 Pin BB 323064F15

DIKONTRAKKAN RUMAH di Taman Waru Permai Blok A-123 Medaeng Waru Sda Hub: 031-77766550, 0856.5501.1896

JUAL KAVLING TANAH Uk.6x16 SHM Harga 55 Juta, Lokasi Selatan Menganti Emas. Hub: Shon Haji Telp. 031-71968395

hw*23/5-23/6/14

fn*3/6-2/7/14

hw*30/5-30/6/14

fn*14/6-13/7/14

hw*24/5-24/6/14

JUAL RUMAH 2LT Griya Sedati Indah B No.8 Juanda, Siap Huni dan Lokasi Strategis Hub: 081553781757 fn*5/6-4/7/14

PERLENGKAPAN RUMAH

up*30/5-30/6/14

JUAL RUMAH

JUAL TANAH

TEMPAT USAHA

hw*31/5-30/6/14

JUAL RUMAH Griya Candra Mas FB-24 Sedati, Lt.220 Lb.180, 4 KT, 2 KM, Lok: Depan Hub: 085336610111 up*17/5-17/6/14

MENGANTI PERMAI REGENCY Lokasi Strategis Type 60/105 Ready Stock Discount + Bonus Pagar, Tandon dan Pompa Air. Hub: 031-72781188, 085215451188

up*20/5-20/6/14

hw*31/5-30/6/14

hw*14/6-14/7/14

BUTUH UANG Jual Cepat Rumah / Bangunan Kokoh Uk: 6x15; 1,5 Lt Petok Kondisi Bangunan Baru 80% Lok: Menganti Ds Kecipik Harga Nego Hub: 087854576596 hw*18/6-18/7/14 hw*12/6-13/7/14 fn*20/6-19/7/14

up*13/6-12/7/14

ARSITEK

JUAL / TUKAR TAMBAH RUMAH KOS 5KT + 2KM, PAM, Sudah Isi, Suramadu, TP Hub: 031-83886644, 085785700889 hw*6/6-6/7/14

www.desainarsitekku.blogspot.com Hub: 031-60979093, 085606111078 hw*1/6-1/7/14

RUMAH POJOK Lt.166 m2, Lb.160 m2, KT 4+1, KM 2+1, Granit Hadap Selatan, SHM, PDAM. Hub: 031-70992146, 031-70297905 hw*3/6-3/7/14

TERIMA BANGUNAN BARU, Renov, Cat: Rumah, Ruko, Kantor, Kitchen Set Hub: 03171714415, 081703803703 hw*28/5-28/6/14 fn*3/6-2/7/14

up*6/6-5/7/14

KANOPI GALVALUM 125 Rb / m2, Rangka Atap, Plafon Hub: 031-77257752, 085725690888

TERIMA BANGUN & RENOVASI Rumah Ruko Kantor, dll. Desain / Gambar Gratis. Hub: Bp.Nono 081331483575, 03170522219

hw*11/6-11/7/14

fn*5/6-4/7/14

JUAL RUMAH Jl.Melon Utara 2 Pondok Candra dan Jl. Melon Selatan 2 No.49 Hub: 081331530430, 031-70428569 hw*7/6-7/7/14

DIKONTRAKKAN TANAH Luas 300 m2 untuk Usaha depan Carrefour Ngagel Hub: 031-71958254

DIJUAL RUMAH Siap Huni, Taman Pondok Legi 3 Waru Sda, 2 Menit dari Bungurasih Type 220 / 112m, SHM Hub: 031-72626469, 082139491239

hw*7/6-7/7/14

hw*4/6-4/7/14

JUAL RUMAH SHM 150m2 (10x15) Full Bangunan, 2KT, 1KM, 1300W, PDAM, Harga 350Jt, Sekardangan Sidoarjo Kota, PSG/C9 Hub: 081230655698, 085732211356 up*30/5-28/6/14

JUAL / OPER KREDIT RUMAH Perum Bumi Papan Selaras, Wonoayu, Perbulan / 750 Rb, Harga 176 Jt Nego. Hub: 083830924154 up*17/5-17/6/14

JUAL CEPAT RUMAH BARU Jambangan & Kebraon dekat Giant SHM Bisa KPR Uk.Type 52-177, Kamar Tidur 3, Kamar Mandi 2. Hub: 082142466407, 031-79403098 fn*14/6-13/7/14

fn*28/5-27/6/14

DIJUAL TANAH SHM, Uk.8x21,5 m = 172m2 di Kebraon, Kedurus Harga 1Jt/m Nego. Hub: 031-70123019 up*15/6-14/7/14

DIBUKA KAVLING BARU, Prospek Bagus, Lok: Timur UPN Cash & Kredit Hub: 081331177012, 031-77084945

DICARI TEMPAT USAHA Los utk Usaha Percetakan Uk.10x20 / 8x20 / 7x25 di Tandes / Banyu Urip / Darmo Indah / Sukomanunggal / Diponegoro Sby / Waru Sda. Hub: 03170247589 hw*17/5-17/6/14

DIKONTRAKKAN RUKO Cocok Buat Usaha, Jl.Pandegiling 177-C L.162, 1KM, Mushollah 80 Jt/Th. Hub. 031-77779477, 0852.4791.9944 up*5/6-4/7/14

hw*14/5-15/6/14

DICARI TANAH KAVLING Wilayah Surabaya Timur Wonorejo, Medokan Ayu, Gunung Anyar Tambak. Hub: 03134502229, 0818572229 hw*23/5-23/6/14

JUAL RUMAH CEPAT BU SHM Lt.98, Sudah Renov, Gading Fajar I Buduran Sda, Harga 400 Juta Nego. Hub: 031-31002323

JUAL RUMAH CEPAT Citra Garden Sidoarjo 9x15, Full Bangunan, 4KT, 2KM, Loteng Jemuran. Hub: 031-31034188, 082230955525

DIJUAL TANAH Putat Lor Boboh L.1000 m2, Jalan Masuk 7m dan Uk.5x12 Harga 25 Juta. Hub: 031-83611388 Bp.Arip Jl.Sememi Baru 9/1 Sby

up*11/6-11/7/14

up*15/6-14/7/14

fn*23/5-23/6/14

GUDANG JUAL GUDANG + ADA BANGUNAN Lt.270 (9x30) Lb.140 SHM, Telp 2 Line, 4KT, 2KM, Jl.Mastrip 166 Hub: 081333003855, 031-77773002, 031-3765531 hw*30/5-30/6/14


HARIAN BANGSA

Dolly, Sarang Penyebar Penyakit HIV/AIDS

8

Bulog Bagikan Beras Busuk

JEMBER-Palang Merah Indonesia Jawa Timur mendukung sepenuhnya langkah pemerintah Kota Surabaya, bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang menutup lokalisasi Dolly. Usai membuka acara jumpa Bhakti Gembira Kader Palang Merah Remaja Se Jawa Timur, Kamis (19/6), Ketua PMI Jawa Timur, Imam Utomo mengaku sangat mendukung langkah tersebut. Sebab menurut dia, saat ini keberadaan Dolly sudah tidak sesuai. Mantan Gubernur Jawa Timur ini menambahkan, lokalisasi seperti Dolly merupakan sarang penyebar penyakit mematikan HIV/AIDS. untuk itu, sudah seharusnya ditutup oleh pemerintah kota Surabaya. Seperti diberitakaan di sejumlah media, sejak Rabu kemarin, pemerintah kota Surabaya bersama pemerintah Provinsi Jawa Timur, secara resmi telah menutup lokalisasi Dolly. (yud/dur)

Untuk 1.580 KK Gakin Bondowoso Bondowoso - HARIAN BANGSA Bantuan beras bagi keluarha miskin di Desa Sumber Kemuning Kecamatan Tamanan kabupaten Bondowoso, tak layak dikonsumsi. Selain bau apek, kondisi beras hancur dan banyak kutunya. Hal ini dibenarkan oleh Plt. Kepala Desa Sumber Kemuning, Ahmad Zaini. Katanya, sebagian besar bantuan berupa beras kepada rakyat miskin ini berbau apek, hancur dan banyak kutu, serta berwarna kebiru-biruan. Aada juga yang hanya hancur dan berbau apek. "Selama ini, kualitas beras miskin diperuntukkan kepada masyarakat miskin memang selalu berbau apek, hancur dan berwarna kusam, tetapi karena warga miskin sangat membutuhkan, meskipun kondisi demikian, tetap dikonsumsi,” terang Zaini. Selain itu, beberapa warga desa Sumber Kemuning, salah satunya Evi, ibu rumah tangga penerima bantuan Raskin mengungkapkan kekesalannya. Karena beras yang dia dapatkan tak layak untuk dimakan, terpaksa beras tersebut digunakan

Bangunan Asrama BLK Diduga Menyimpang BONDOWOSO-Asrama Balai Latihan Kerja (BLK) telah selesai dibangun pada tahun 2013. Namun, dalam pelaksanaannya diduga terjadi penyimpangan. Hal itu disampaikan oleh Aliansi Masyarakat Peduli Bondowoso (AMPB). Koordinator AMPG, M.Hasim mengungkapkan, bahwa proyek pembangunan asrama BLK yang menghabiskan dana Rp 2,8 miliar tidak sesuai dengan LKPJ Bupati. “Di LKPJ Bupati tahun 2013, pembangunan gedung asrama BLK dengan nomo rekening, 5.2.3.26.01, yang dianggarkan sebesar Rp.2.891.265.500,- itu, Koordinator AMPB menunjuk- seharusnya lantai dua, tapi kan gambar gedung. hanya lantai satu,” ujar Hasim saat ditemui HARIAN BANGSA kemarin. Sebab, lanjut Hasim, dalam RAB rencana semula seperti dalam rencana gambar spek, bahwa asrama tertulis 2 lantai, dan didepan gedung BLK seharusnya ada ataman lanscap, namun hingga pembangunan selesai tidak sesuai dengan rencana awal dan tidak sesuai dengan LKPJ Bupati. “Ini kan lucu, di LKPJ Bupati tertuang pembangunan itu 2 lantai, tapi buktinya 1 lantai dan taman lanscapnya juga gak ada, jadi uang 1 lantainya dikemanakan itu klo tidak dikorup," tegasnya. Hasim menambahkan, bahwa dari hasil investigasi dilapangan terhadap proyek pembangunan asrama BLK telah banyak data yang di miliki, dan data tersebut mau dilaporkan ke KPK, termasuk LKPJ Bupati sebagai referensi untuk dijadikan acuan dan bukti kepada KPK dalam minggu ini. (gik/dur)

Sebagian warga miskin yang meneriba beras dari Bulog. untuk pakan ternak. “Kami ini manusia, bukan hewan yang diberi beras yang tidak layak dimakan manusia seperti ini, coba kasus ini terjad i kepada keluarganya orang-orang Bulog, pasti juga sama seperti apa yang kami rasakan di desa,” tandasnya. Sementara itu, Rohimah yang

[foto:sugiyanto/HARIAN BANGSA]

juga salah satu penerima bantuan raskin mengeluh, bahwa beras yang dinanti-nanti ternyata tak layak untuk dikonsumsi. Sehingga dirinya merasa dihina oleh Bulog dan Pemerintah. "Saya memang orang miskin pak. Tetapi saya juga tidak mau diperlakukan seperti ini. To-

Probolinggo - HARIAN BANGSA Sebanyak 700 siswa/siswi SD/ MI dan SMP/MTs dari keluarga tidak mampu di Kabupaten Probolinggo menerima bantuan beasiswa GN-OTA (Gerakan Nasional Orang Tua Asuh), Kamis (19/6) kemarin di obyek wisata Miniatur Ka’bah Desa Curahsawo Kecamatan Gending. Total bantuan yang diserahkan sebesar Rp. 155 juta dengan rincian 200 siswa SD masing-masing menerima Rp. 200 ribu, 200

JEMBER - Palang Merah Indonesia Jawa Timur, menegaskan akan mengambil sikap netral, pada saat pelaksanaan pemilu presiden mendatang. Pernyataan itu disampaikan Ketua Umum PMI Jawa Timur, Imam Utomo. Ditemui usai membuka acara jumpa Bhakti Gembira Kader Palang Merah Remaja se Jawa Timur, Imam mengatakan, sesuai dengan tujuh prinsip dasar, PMI harus bersikap netral di setiap pelaksanaan pemilu. Dengan sikap tersebut, meskipun saat ini Ketua Umum PMI Pusat, Jusuf Kalla, maju sebagai calon wakil presiden, PMI Jawa Timur dan jajaran di bawahnya akan bersikap netral. Meski secara kelembagaan netral, namun Imam tidak akan mempermasalahkan dukungan kader PMI kepada calon presiden dan wakil presiden. Sebab, menurut mantan Gubernur Jawa Timur, itu adalah sikap perorangan bukan kelembagaan. Ketika ditanya sikap personalnya, Imam tetap mengaku akan bersikap netral pada pemilu presiden. Seperti diketahui, ketua umum PMI Pusat, Jusuf Kalla maju sebagai cawapres pada pemilu presiden mendatang. JK maju sebagai cawapres mendampingi calon presiden Joko Widodo (Jokowi). (yud/dur)

Sebagian siswa menerima bantuan beasiswa GN-OTA secara simbolis dari Bupati Probolinggo. [foto:andi sirojuddin/HARIAN BANGSA] siswa MI masing-masing menerima Rp. 200 ribu, 150 siswa SMP masing-masing menerima Rp. 250 ribu dan 150 siswa MTs masingmasing menerima Rp. 250 ribu. Bupati Tantri menyambut baik kegiatan pemberian bantuan beasiswa yang digagas oleh GN-OTA Kabupaten Pro-

bolinggo ini dalam kepeduliannya terhadap pendidikan umum maupun pendidikan yang berbasis keagamaan. “Semoga ke depan ada terobosan dari GN-OTA untuk meningkatkan bantuan beasiswa ini sehingga tidak mengandalkan APBD saja, “tandasnya. (ndi/dur)

Belum Ada Pejabat Ajukan Cuti Jember - HARIAN BANGSA Panwaslu Kabupaten Jember hingga saat ini belum menerima pemberitahuan pengajuan cuti, baik dari bupati maupun wakil bupati Jember untuk mengikuti kegiatan kampanye presiden dan wakil presiden. Demikian disampaikan oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Jember Dima Ahyar. Menurut Dima, pejabat publ ik tidak

Dinsos Siap Latih Eks PSK Dolly Asal Jember

long orang miskin seperti kami jangan dihina seperti itu. Kami memang butuh beras buat makan dan keluarga, tapi kalau beras seperti ini adalah penghinaan bagi kami orang miskin di desa,” keluhnya. Ketika sejumlah wartawan akan melakukan konfirmasi tentang beras miskin yang tak

layak dikonsumsi kepada pihak Bulog, tak ada satupun yang mau memberikan komentar, baik kepala Bulog send iri, Humas bahkan pihak gudang pengiriman Bulog. Dari hasil pantauan di lapangan, di Desa Sumber Kemuning sendiri ada 1.580 kepala keluarga yang mendapatkan bantuan beras miskin sebanyak 7,5 kg setiap bulan. Masyarakat berharap beras miskin yang dikonsumsi kualitasnya lebih baik dari sebelumnya. Sementara itu, Samsul Tahar,S.Ag. wakil Ketua Komisi II DPRD Bondowoso, menganggapi temuan raskin yang tidak layak dimakan manusia, mengakui sangat prihatin dan tidak terima atas perlakukan pemerintah kepada masyarakat miskin. “Pada prinsipnya pemerintah membantu masyarakat miskin untuk sehat dan untuk hidup. Jadi Negara membantu masyarakat untuk makan yang berupa raskin ini memang berasnya harus berkwalitas bagus. Dan saya yakin beras yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat adalah beras yang menyehatkan. Sudah tentu kwalitasnya harus bagus” ujar Samsul Tahar, kemarin. (gik/dur)

Dipanggil Penyidik Polres, Direktur Victory Mangkir

700 Siswa Gakin Dapat Beasiswa GN-OTA

Pilpres, PMI Jatim Netral

dilarang mengikuti kampanye pasangan capres-cawapres, tetapi tentu saja tetap ada mekanisme yang harus patuhi. Sejauh ini Panwaslu belum menerima pemberitahuan ijin cuti untuk para pejabat publik di Jember, termasuk untuk bupati dan wakil bupati. Dima berharap, setelah Panwaslu mengirimkan surat edaran kepada sejumlah instansi, pejabat yang akan ikut dalam

kegiatan kampanye, terlebih dahulu mengajukan ijin cuti sesuai dengan aturan. Diberitakan sebelumnya, saat ini banyak bertebaran bal iho dukungan Bupati Jember MZA Djalal, kepada pasangan Prabowo-Hatta. Bahkan beberapa waktu lalu Djalal menyatakan kesiapannya jika diminta untuk menjadi jurkam pasangan Prabowo-Hatta. (yud/dur)

Lumajang - HARIAN BANGSA Pasca ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus dugaan penambangan ilegal di lahan tambang pasir besi milik Perum Perhutani, Direktur atau bos PT. Victory berinisial S pun telah dipanggil untuk menghadap penyidik Polres Lumajang. Pemanggilan pertama dilakukan pada bulan kemarin. Namun, tersangka bos PT. Victory ternyata tak memenuhi panggilan. Bahkan direktur berinisial S itu tidak memberikan konfirmasi atau alasan mangkir. "Jadi dari hasil pemeriksaan itu penyidik sudah lakukan pemanggilan. Namun, tersangka tidak hadir dan tidak pula konfirmasi pada panggilan pertama," kata Kapolres Lumajang Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Singgamata. S.I.K kepada wartawan, kemarin, Kamis (19/06). Rencananya, penyidik akan melayangkan surat pemanggilan kedua kepada Direktur atau bos PT. Victory yang sudah ditetapkan tersangka tersebut. Namun disinggung waktunya, Singgamata belum bisa memastikan. "Penyidik akan lakukan panggilan kedua, tapi belum tahu kapan," tandasnya.

Jika pemanggilan kedua Direktur atau bos PT. Victory tetap mangkir, jelas Singgamata, Penyidik akan melakukan pemanggilan paksa. " Kita paksa untuk memenuhi panggilan Polisi, bahkan kalau perlu kita jemput," tegasnya. Seperti diketahui, Direktur atau bos PT. Victory berinisial S ditetapkan tersangka oleh penyidik Polres Lumajang dalam kasus dugaan penambangan ilegal dilahan tambang pasir besi milik Perum Perhutani. Penyidik Polres menjerat Direktur atau bos PT. Victory berinisial S dengan Undang-undang Kehutanan pasal 89 dengan ancaman hukuman maksimal lebih dari 5 tahun penjara. Selain itu, jajaran penyidik Polres Lumajang beberapa bulan yang lalu telah menyita Empat buah ekavator dan peralatan pemurnian pasir besi tersebut dilarang beroperasi atau memindahkan peralatan tersebut hingga ada penatapan pengadilan. Kasus ini bermula dari laporan yang dibuat oleh Perum Perhutani yang melaporkan perusahaan dengan nama PT. Victory telah melakukan penambangan tanpa adanya persetujuan dari perum Perhutani. (ron/dur)

Kabupaten Probolinggo Bakal Berangkatkan 570 CJH

Bupati Tantriana Buka Bimbingan Manasik Haji

JEMBER - Pemerintah Kabupaten Jember melalui Dinas Sosial menyiapkan pelatihan, bagi mantan pekerja seks komersial Dolly dan Jarak, yang telah ditutup oleh Pemerintah Kota Surabaya bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Kepala Dinas Sosial Jember, Eko Heru Sunarso menerangkan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan Dinas Sosial Provinsi Jatim, dan rupanya ada 34 mantan pekerja seks Dolly, yang merupakan warga Jember. Hanya saja kata dia, data detail nama mantan PSK itu , belum diterima Pemkab Jember. Rencananya, lanjut mantan camat Wuluhan ini, pihaknya segera mengambil langkah-langkah, setelah data itu diterima. Dinsos Jember juga akan mengumpulkan mantan PSK itu, kemudian akan didata pelatihan seperti apa yang mereka inginkan. Seperti diketahui, sejak Rabu kemarin, pemerintah kota Surabaya bersama pemerintah provinsi Jawa Timur, secara resmi telah menutup lokalisasi Dolly. Para eks PSK dan mucikari, akan mendapatkan kompensasi dana sebesar 5 juta rupiah, untuk bantuan usaha mandiri. (yud/dur)

Probolinggo-HARIAN BANGSA Untuk memberikan bekal pengetahuan dan wawasan terkait dengan manasik haji bagi calon jemaah haji asal Kabupaten Probolinggo, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probol inggo bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo menggelar bimbingan manasik haji tahun 2014 di obyek wisata religius Miniatur Ka’bah, Desa Curahsawo Kecamatan Gending, Kamis (19/6) kemarin. Bimbingan manasik haji bagi

calon tamu Allah SWT ini dibuka secara resmi oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan CJH Kabupaten Probolinggo yang akan berangkat ke tanah suci tahun ini. Bupati Tantri menegaskan, bahwa bimbingan manasik haji sangatlah penting sebab banyak hal yang harus diketahui oleh para Calon Jama’ah Haji (CJH) antara yang wajib dilakukan dan yang sunnah. “Saya berharap agar Calon Jama’ah Haji mengikuti jalannya

bimbingan manasik haji dengan seksama. Tanyakan apabila ada hal-hal yang kurang dimengerti terkait dengan manasik haji,” ujarnya. Kepada seluruh calon jemaah haji, Bupati Tantri mengajak untuk mensyukuri nikmat tersebut, sebab tidak semua orang mendapat kesempatan untuk menunaikan ibadah haji. Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo, H. Busthami menjelaskan, jumlah calon jemaah haji Kabupaten Probolinggo yang

Suasana pembukaan manasik oleh bupati Tantri kemarin. akan berangkat ke tanah suci tahun ini sebanyak 570 jema’ah. Bimbingan manasik haji ini

RUPA-RUPA MAKANAN

RUPA-RUPA

RUPA-RUPA

hw*19/6-19/7/14

MINUMAN

JUAL HARGA MURAH !!! Sabun Cair Cuci Piring, Baju, Karbol, Pel Lantai, Molto Downy, Kualitas Export, Bersih, Wangi, Busa Melimpah. Hub: 031-71686023, 081234633610

hw*17/6-17/7/14

FRESHCOLD Depo Isi Ulang Murah dan Bergaransi Hub: 031-81800009, 082244356235 hw*24/5-24/6/14

AQUADEES MURAH BERKUALITAS Harga 13jt, 16jt, 23, 30, 39jt sd 99jt ATAU KERJASAMA TANPA BELI ALATJAMINAN Jaminan Bahan Baku Air Prigen dg Sumber & Mobil Tanki Sdri. Hub. Komp Ruko Cipta Menanggal 58 Sby Telp. 031-8295355, 77770776, 0817300776, 081232379770 fn*4/6-4/7/14

OLAHRAGA JUAL / BELI Alat Fitnes Baru / Second Murah Hub: Kutisari Indah Barat Gang 3 No.21 Telp. 031-70761321, 71574200 Pucang Anom No.8 Telp. 031-33019867 fn*13/6-12/7/14

JUMAT, 20 JUNI 2014

hw*16/5-16/6/14

RUPA-RUPA

up*19/6-18/7/14

JUAL TUTUP BAK HILUX DOUBLE CABIN 4 Jt, Fiber Glas HP Hub: 0817319994, 031-40109944

AHLI GIGI

hw*19/6-19/7/14

SEMUA JADI MURAH KACAMATA Rp. 100 Rb Lengkap, SOFT LENS Rp. 50 Rb Lengkap, LENSA Rp.50 Rb, FRAME Rp.50 Rb, PROGRESSIVE Rp.150 Rb. GRATIS LENS CLEANER. DUNIA OPTIK Jemur Andayani No.1 Telp. 031-8473045 hw*17/6-17/7/14

up*2/6-1/7/14

up*1/6-30/6/14

DIJUAL GEROBAK RODA 3 Merk VIAR Th’2011, Simopomahan Baru Barat No.8 dan Rumah Dijual TP Lebar 4m, Panjang 7m, Surat Petok D, Simopomahan Baru Sawah I No.1 Telp. 031-60749533, 031-83665581

DICARI BARANG-BARANG BEKAS, AC, Besi, Hafalan Kantor, Renovasi Rumah, dll. Hub: 031-33101445

“GIGI LANGSUNG JADI” Awet, Enak Dipakai Seindah Aslinya. Hub. 0318012259, 085646037676 Minggu, Hari Libur Buka !!! hw*30/5-30/6/14

hw*16/5-16/6/14

MUSIK

BASMI / ANTI RAYAP Hub: MTA PEST Telp. 031-71121675, 91640803, 08123250626

SEDIA / JUAL SEPEDA ONTHEL Model Kebo dan Jengki Merk Phoenix Asli RRT Kondisi Baru, Stok Terbatas. Hub: Pasar Baru Waru Blok E-22 Telp. 031-31002332

MEBEL JATI IHTIAR JAYA, Sedia Mebel Ukir dan Minimalis Mutu Bagus, Harga Murah, Terima Pesanan Bedroom SetKitchen Set, Revisi, Ganti Warna, Beklit dan Tukar Tambah. Jl.Kertajaya 45 A Sby Telp. 031-5031037, 70245757

DIJUAL KEYBOARD KORG PA800 Harga 18 Jt. Hub: 08123527255, 0317669224 Bp.Riko, Perumahan Gunungsari Indah Blok AZ No.5

hw*30/5-30/6/14

hw*20/5-20/6/14

hw*18/5-18/6/14

hw*28/5-28/6/14

PURNAMA SERAGAM SD-SMP-SMA Hub: 081331882345 hw*11/6-11/7/14

hw*31/5-30/6/14

merupakan persiapan salah satu komponen penting agar menjadi haji yang mabrur. (ndi/dur)


9

HARIAN BANGSA

JUMAT, 20 JUNI 2014

TAUSHIYAH. Ketua DPW PKB Jatim Halim Iskandar memberikan tausiyah dihadapan kiai dan bu nyai ANTUSIAS. Sejumlah bu nyai kampung nampak kampung dalam silaturahim. antusias mendatangi acara.

PADAT. Ribuan kiai kampung padati acara dukungan dan ikrar pemenangan Jokowi-JK.

HADIR. Ketua DPC PDIP dan Sekretaris PC NU Lamongan ikut hadir dalam acara tersebut.

Kiai dan Bu Nyai Kampung Se-Lamongan Siap Menangkan Jokowi -JK Lamongan-HARIAN BANGSA Sekitar 2.000 kiai dan bu nyai kampung yang merupakan kiai dan bu nyai Nahdatul Ulama (NU) serta para pimpinan Pondok Pesantren se Lamongan mengikrarkan diri mendukung serta memangkan pasangan capres-cawapres, Jokowi-JK pada 9 April mendatang. Dalam acara Silaturahmi Kiai Kampung dan Laskar Santri Nusantara yang dipusatkan di Pondok Pesantren Ulul Albab Desa Bakalan Pule Kecamatan Tikung Lamongan tersebut, juga

dihadiri sejumlah tokoh NU, pengurus PCNU Lamongan, dan para pengurus partai pengusung PDIP, Nasdem, Hanura dan PKPI. Ketua DPC PKB Lamongan Makin Abbas memjelaskan, disamping memberikan dukungan dan ikrar untuk mendukung Jokowi-JK, para kiai dan bu nyai ini juga mendoakan keselamatan Bangsa Indonesia. Ditambahkan Ketua DPW PKB Jawa Timur Abdul Halim Iskandar, dukungan warga Nahdliyin merupakan dukungan yang riil. “Jokowi dan JK yang

dianggap dapat menyelamatkan ahli sunah waljamaah. Dukungan kemenangan ini juga bentuk dari keinginan NU untuk memiliki presiden dan wakil presiden yang lebih peduli pada NU secara khusus dan Bangsa Indonesia secara umum,” jelasnya. Dukungan bagi Jokowi merupakan dukungan secara struktur dari NU sementara pada JK merupakan dukungan dari Kultur NU. Dalam kesempatan itu, Halim juga menjelaskan berbagai fitnah yang sengaja dihembuskan oleh pihak-pihak yang tidak

BERSAMA. Ketua DPC PKB Lamongan Makin Abbas duduk bersama dengan Ketua DPW PKB Jatim dan pengurus DPP.

“Angka sembilan merupakan angka keramat milik NU sehingga pasangan yang diusung NU akan jadi,“ ungkapnya. Menurut dia, kewajiban bagi kiai dan bu nyai NU untuk menjatuhkan pilihannya pada orang yang dianggap sangat pas untuk memimpin bangsa dan negara ini. Nampak hadir dalam acara tersebut Sekretaris PCNU Imam Ghozali, Ketua DPC PDIP Ir Saim, Sekretaris Nasdem Ahmad Junari dan jajaran pengurus DPC PKB Lamongan. (ais/adv)

Eks PSK Dolly Diawasi

TIM Jokowi-JK Bagikan Makan Siang Gratis GRESIK-Aksi simpatik dilakukan oleh pengurus DPC PKB Gresik tim sukses pasangan Jokowi-JK di Kabupaten Gresik. Mereka melakukan aksi sosial dengan membagi makan siang gratis dan kaos bagi tukang ojek yang mangkal di Terminal Sekarkurung Kecamatan Kebomas, kemarin (19/6). Ratusan tukang ojek yang biasanya mengantar penxiarah ke makam Sunan Giri berebutan untuk mendapatkan jatah kaos dan makan siang gratis tersebut. Dalam aksi sosial yang dipimpin Ketua DPC PKB Gresik Jazilul Fawaid dan Ketua DPRD Gresik Zulfan Hasyim tersebut, masyarakat juga terlihat sangat antusias. Setelah menggelar bakti sosial, aksi dilanjutkan dengan ziarah ke Makam Sunan Giri bersama PPKB yang melakukan ziarah Wali Songo. Rombongan diantar dengan puluhan dokar yang ditempeli alat peraga kampanye Jokowi-JK serta ratusan sepeda motor dari simpatisan PKB maupun pendukung Jokowi-JK. Menurut Ketua DPC PKB Gresik Jazilul Fawaid, kegiatan yang dilaksanakan sebagai doa untuk kemenangan Jokowi-JK dalam Pilpres 9 Juli mendatang. Selain itu, aksi bagi-bagi makan siang pada tukang ojek di Terminal Sekarkurung sebagai implementasi dari pasangan Jokowi-JK yang merakyat, seferhana dan membela wong cilik. "Insya Allah, pasangan Jokowi-JK di Jawa Timur bisa menang. Di Gresik, kami targetkan minimal menang 65 persen untuk pasangan Jokowi-JK,"ujarnya sesuai berdo'a di makam Auliyah, Sunan Giri. Rombongan melanjutkan perjalanan dengan pawai dokar dan sepeda motor untuk berdo'a di Makam Maulana Malik Ibrahim. (sho/nis)

ingin tokoh dari NU ini menjadi presiden dan wakil presiden. “Dan melalui acara semacam inilah, melalui kiai dan bu nyai kampung diharapkan dapat menangkal isu dan fitnah dari orang-orang yang ingin merusak dan memecah persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia,” ungkapnya. Sementara itu Hasyim Zaelani, juru bicara kiai kampung menyatakan optimis kalau pasangan yang didukung sepenuhnya oleh NU ini akan menang di Pilpers 9 April mendatang.

PAWAI. Pawai ta'aruf sebagai tanda pembukaan MTQ ke XXVI.

Foto : syuhud/HARIAN BANGSA

Pawai Ta'aruf Awali Pembukaan MTQ Gresik Gresik-HARIAN BANGSA Bupati Gresik Sambari Halim Radianto memberangkatkan pawai ta’aruf sebagai tanda pembukan MTQ (Musyabaqoh Tilawatil Al-Qur’an) ke XXVI tingkat Kabupaten Gresik, di alun-alun Sidayu, kemarin (19/6). Peserta pawai ta'aruf kali ini diikuti oleh 521 peserta (kafilah) MTQ dari 18 kecamatan se kabupaten Gresik. Mereka berada pada 110 kendaraan hias yang berpawai melintasi jalan-jalan disepanjang area di

Kecamatan Sidayu. Sambari dalam sambutannya mengatakan, MTQ adalah agenda rutin Pemkab Gresik tiap 2 tahun sekali. Selama dirinya menjabat sudah 2 kali diselenggarakan MTQ. MTQ ke XXV berlangsung d i Menganti. “Kami berharap, pelaksanaan MTQ kali ini bisa membentuk masyarakat berakhlakul karimah, " katanya. Sementara Wabup Moch Qosim mengatakan, pelaksanaan MTQ di Sidayu adalah

yang paling meriah. Tahun ini ada 521 kafilah. Kepala Bagian Kesra Kusaini menambahkan, pembukaan MTQ baru dibuka Jumat (20/6) dan berakhir pada Minggu (22/ 6) malam. Ada 7 cabang yaitu musabaqoh tilawatil quran, musabaqoh fatmil quran, musabaqoh sarkhil quran, musabaqoh hifdzil quran, musabaqoh tartil quran, dan cabang lomba yang baru diadakan musabaqoh makalah ilmiah quran. (hud/nis)

Bojonegoro-HARIAN BANGSA Pemkab Bojonegoro mulai mengambil langkah antisipasi pasca penutupan lokalisasi Dolly, Surabaya. Pemkab ketar-ketir, terjadi eksodus Pekerja Seks Komersial (PSK) dari Dolly ke eks lokalisasi Kalisari, atau tempat lain di Kabupaten Bojonegoro. "Kami sudah mengantongi nama dan alamat mereka (PSK, red). Sebelum pulang, kami monitoring kepulangannya. Jangan sampai Bojonegoro dijadikan tujuan eksodus,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Bojonegoro, Adie Witjaksono, kemarin (19/6). Disnakertransos juga akan bekerjasama dengan lurah setempat serta RT/RW dan juga mucikari agar menolak PSK yang masuk ke Bojonegoro. Adie mengatakan, lokalisasi Kalisari dan Semawot sudah ditutup sejak beberapa tahun silam. Saat ini kebe-

radaanya beralih fungsi menjadi rumah dan perkampungan. Meski begitu penghuninya di kawasan tersebut beberapa diantaranya eks para PSK. Ia menyampaikan, ada dua upaya yang kini tengah dilakukan Disnakertransos untuk mengantisipasi eksodus PSK Dolly, yaitu melakukan pendataan penghuni eks lokalisasi dan proteksi kepada para penghuni agar menolak PSK pendatang. Data di Disnakertransos, ada 6 PSK di Dolly asal Bojonegoro yang dipulangkan. Mereka ini diawasi dengan ketat. Mereka adalah KK asal Kecamatan Sumberejo, domisili Kupang Gunung Timur Surabaya. AR asal Kecamatan Baureno, domisili Jalan Jarak Surabaya. Lalu PA asal Temayang, RA asal Balen, DM asal Kecamatan Balen, dan dan IN asal Ngasem yang kesemuanya berdomisili di Jalan Putat Jaya Barat Surabaya. (nur/nis)

Tak Ada Zonasi Pemasangan APK

Spanduk dan Banner Capres-cawapres Semrawut Tuban-HARIAN BANGSA Akibat tidak ada kejelasan tentang zonasi pemasangan Alat Peraga Kampaye (APK) dari KPU, spanduk dan barner gambar pasangan capres dan cawapres di Tuban tidak tertata rapi dan semrawut. Pantauan Harian Bangsa, gambar tersebut terpampang di pohon maupun rambu-rambu sepanjang jalan raya antar

kecamatan yang berada di Tuban. Selain itu, tampak pula gambar capres-cawapres tersebut juga terpampang difasiltas umum, seperti tertempel ditiang listrik maupun di dekat kantor desa. Ketua Komisi Pemil ihan Umum (KPU) Tuban Kasmuri mengatakan, format pemasangan APK dari KPU sudah ada. Akan tetapi, pihaknya masih menunggu aturan zonasi pema-

sangan APK dari Pemkab Tuban. “Pemkab sendiri sampai saat ini belum memiliki format pemasangan APK tersebut,” ungkapnya. Kasmuri membeberkan, untuk aturan pemasangan APK yang dikeluarkan KPU harus sesuai dengan aturan dari Pemkab. Sehingga, aturan tersebut tidak bertentangan. “Ya, kami hingga saat ini untuk menentukan pemasangan APK masih

menunggu kepastian dari Pemkab. Tapi, dalam hari-hari ini aturan itu akan kami tetapkan,” tandas pria jebolan Universitas Islam Negeri (UIN) Malang ini. Sementara itu, Kabag Humas Pemkab Tuban Drs Teguh Styo Budi saat dikonfirmasi mengatakan, seharusnya KPU Tuban tahu akan ketetapan format aturan pemasangan APK. Karena pemasangan gambar capres dan

TOUR & TRAVEL

PERCETAKAN

JASA

JASA TOUR & TRAVEL

REVOLUSI FINANCIAL Membebaskan Manusia dari Perbudakan Hutang, Mau Info Call: 082131300457, 031-70603552 hw*11/6-11/7/14

PENGOBATAN

KURSUS/PENDIDIKAN

Y hw*20/5-20/6/14

PARANORMAL

BINTANG Urus SIM & STNK Murah, Jl.Pagesangan 4/17 Sby Telp. 03170447967, 081931044177

Yasco Training Center

fn*5/6-4/7/14

Jl. Raya Ngagel No. 163 Sby Telp. 031-70997550 Hp. 081 5531 57679 Fax. 031-8297934

Kesempatan mengikuti Training untuk membuka LAPANGAN KERJA dalam Bidang: 1. Montir Mobil. 2. Montir Diesel. 3. Montir Sepeda Motor. 4. Montir AC / Kulkas. 5. Montir Dynamo. • • • • • • ` `

hw*23/5-23/6/14

“SARI TRAVEL” Travel Sby-Malang dari Sby Pkl. 05.00 & 17.00 dari Malang Pkl. 10.00 & 22.00 Harga Promo Rp. 60.000,- berlaku s/d 20 Juni 2014 Juga Menerima Pengiriman Paket Kilat Via Travel Sby-Malang Hub: 081335373976 Pin BB 21441DB3

fn*7/6-6/7/14

SEDOT WC

hw*24/5-24/6/14

JASA PLITUR, MILAMIC CAT DUCO Untuk Pintu, Kusen, Pagar, Harmunica, Kitchen Set Segala Macam Mebel. Hub: 03170500161, 031-81020188

hw*3/6-3/7/14 fn*20/6-19/7/14

TOUR KARIMUN JAWA 01 - 04/08/14 / Bali Idul Fitri 29/7 - 01/08/14 Hub: 081332345426, 031-81129137

hw*4/6-4/7/14

BANK

hw*24/5-24/6/14

Gratis Baju Kerja & Bahan Praktek Rombongan baru Tgl. 3 Setiap Bulan

PERCETAKAN

“SAATNYA BERIKLAN DI INTERNET” Terima Jasa Iklan Google Murah, Buktikan Order Akan Berlimpah Telp. 031-72833227, 081335640101

hw*1/6-1/7/14

CV MITRA SEDOT WC Hub : 8791356/ 8712042, 24 Jam. Hari Minggu & Hari Besar Tetap Buka ada Discount.!!

fn*7/6-6/7/14

up*28/5-28/6/14

“ANUGRA” Atasi Saluran Mampet, WC Septictank Cepat Penuh, dll. Hub: 03188277922, 79653490 hw*18/5-18/6/14 hw*22/5-22/6/14

hw*16/5-16/6/14

fn*19/6-11/7/14

BIMA SEDOT WC Limbah Lumpur Hub. 031-3291975, 08123002134 Melayani Luar Kota fn*30/5-28/6/14

fn*5/6-4/7/14

PROGRAM S1 Bekerjasama dengan PTS Terakreditasi Jurusan FE, FH, FKIP Banyak Kemudahan Biaya Ringan. Jl.Cempaka 2627 Hub: 031-70745837, 081336450211, 085700005617

CARI MITRA untuk Travel Umroh dan Haji Plus, Modal Kecil Hub: 081703552763, 03172342262

“TERIMA ONGKOS CETAK 1/2 PLANO” Full Colour Uk: 64x46, Cepat dan Murah, Juga Melayani Cetak Buku, Kalender, Bulletin, Packaging, Nota, Kaos, Banner, Stiker, Poster, Cont.Form, dll. Hub: 031-70475803

hw*22/5-22/6/14

hw*28/5-28/6/14

hw*6/6-6/7/14

up*21/5-21/6/14

cawapres itu, ketepatannya sama dengan pemilihan legislatif pada bulan kemarin. Akan tetapi, masalah penertiban APK tersebut, pihak pemkab masih menunggu laporan dari panwaslu. “Kalau kami sudah dapat laporan dari panwaslu Kabupaten, maka satpol PP akan bertindak menertibkan gambar-gamabar tersebut,” ugkapnya. (wan/nis)


HARIAN BANGSA

JUMAT, 20 JUNI 2014

10

Bupati Sumenep Buka Bimtek Kehumasan Pesantren Sumenep – HARIAN MADURA Pesantren merupakan Lembaga Pendidikan tertua di Indonesia. Dalam catatan sejarah, keberadaan pesantren telah ada sejak abad ke12 Masehi. Pesantren telah banyak memberikan kontribusi bagi perkembangan bangsa dan negara. Hal inilah yang mendasari Humas Pemkab Sumenep melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Kehumasan dan Keprotokolan tahun 2014. Kegiatan yang dilaksanakan Kamis (19/6) kemarin di Hotel Utami ini dibuka langsung oleh Bupati Sumenep KH Abuya Busyro Karim. Bimtek diikuti oleh santri se-Kabupaten Sumenep. Dalam sambutannya Bupati Sumenep Busyro Karim mengungkapkan, pesantren itu sangat dinamis, bisa berubah dan mempunyai dasar kuat mengarahkan dan menggerakkan perubahan. Dia mengibaratkan keberadaan pesantren seperti berlian yang harus terus dijaga eksistensinya. Namun, di sisi lain pesantren dituntut harus melakukan dialektika agar tetap eksis di tengah derasnya era globalisasi. “Pesantren tidak boleh gagap menghadapi globalisasi serta tidak larut tergiur dengan global isasi, termasuk penguasaan terhadap kehumasan dan keprotokolan,” ungkapnya. Busyro juga mengingatkan kalangan pesantren bahwa kemajuan sebuah lembaga sangat ditentukan peran kehumasan. Sedangkan lem-

Bupati Sumenep KH A Busyro Karim saat membuka bimtek kehumasan dan keprotokolan pesantren. baga kehumasan pesantren saat ini masih belum berperan maksimal, bahkan ada pesantren yang tidak memiliki lembaga kehumasan. “Humas itu diibaratkan cermin sebuah lembaga. Jika di pesantren lembaga kehumasan mampu berperan dengan baik, insyaallah pesantren-pesantren akan semakin maju,” ujarnya. Dengan dilaksanakannya bimtek kehumasan dan keprotokolan tersebut, bupati berharap dapat

mendorong pesantren-pesantren mengembangkan dan menata lembaga kehumasan di pesantren masing-masing. “Jika selama ini lembaga kehumasan pesantren belum berjalan dengan baik, maka tugas saudaralah yang harus melakukan perubahan agar lembaga kehumasan d i pesantren berperan dengan baik,” kata Busyro. Dia juga berharap agar komunitas pesantren lebih menggiatkan

Santri se-Sumenep mendengarkan sambutan Bupati Sumenep KH A Busyro Karim dalam acara bimtek kehumasan dan keprotokolan pesantren. foto-foto: lukman/HARIAN BANGSA pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, agar mampu merespon tuntutan perubahan zaman, serta meningkatkan partisipasinya dalam pembangunan.

“Harus diakui bahwa saat ini jumlah pesantren yang melek teknologi informasi komunikasi masih bisa dihitung dengan jari. Namun saya optimis ke depan pesantren akan

semakin menyadari pentingnya teknologi informasi komunikasi, karena telah menjadi kebutuhan yang sul it d ihindari,” pungkas Busyro. (adv/lukman)

Muncul Kos Dolly di Sampang

Panwaslu Sumenep Tegur Timses Prabowo-Hatta SUMENEP – Panwaslu Sumenep menegur deklarasi dukungan capres cawapres nomor urut 1, Prabowo-Hatta, yang dilakukan beberapa hari lalu. Teguran disampaikan karena kegiatan yang diadakan tidak sesuai dengan isi surat pemberitahuan yang diterima Polres dan Panwaslu. “Kami menegur secara lisan kegiatan deklarasi dan dukungan Prabowo-Hatta, karena dalam pemberitahuannya ke Polres dan tembusan yang kami terima bukan deklarasi atau kampanye. Tapi sosialisasi undangundang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa,” kata Zamrud, Ketua Panwaslu Sumenep, Kamis (19/6). Deklarasi tersebut dihadiri oleh Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Jawa Timur, Nizar Zahro, dan sejumlah kepala desa di Sumenep. “Harusnya isi pemberitahuan ke panwas itu berisi kampanye atau deklarasi, bukan sosialisasi tapi di dalamnya berisi kampanye,” tukas Zamrud. Sementara itu, ketua DPD APDESI Jatim Nizar Zahro mengatakan, tujuan melakukan sosialisasi UU nomor 6 tentang desa itu untuk memperjuangkan kemajuan desa. Dalam sosialisasi UU desa itu, pihaknya menjanjikan akan ada program Rp 1 miliar per desa dari pasangan Prabowo-Hatta. Di bagian lain, Bupati Pamekasan Achmad Syafii rela meninggal kan tugas utamanya sebagai bupati demi menghadiri acara kampanye Prabowo-Hatta di Stadion R Soenarto Pamekasan, kemarin. Kampanye tersebut dimeriahkan konser si Raja Dangdut Rhoma Irama. Bupati Syafii rela cuti guna menunjukkan dukungannya kepada Prabowo. (nit/pmk-1/sal)

Ketuk Pintu Lima Kali, Kode Tamu Minta Pelayanan Plus Sampang – HARIAN BANGSA Warga Kota Sampang diriuhkan adanya wanita diduga Pekerja Seks Komersial (PSK) yang menyewa hunian di sebuah koskosan. Para wanita itu diduga muntahan PSK dari lokalisasi Dol ly-Jarak, setelah resmi ditutup oleh Pemkot Surabaya Rabu (18/6) malam. Kos-kosan yang dihuni beberapa wanita diduga PSK itu berada di Jalan Bahagia, Kelurahan Rongtengah, Kecamatan Kota, Sampang. Warga setempat mengetahui ada beberapa wanita yang menghuni kos-kosan tersebut terlihat muda dan cantik, dengan dandanan menor mencolok. Karena dihuni wanita menor,

GRESIK

SURABAYA

Kehilangan STNKB Honda th. 2013 AE4310-NA a/n: Prawoto d/a: Grumbul Malang Rt. 01 Rw. 12 Ds. Pupus Lembeyan Magetan.

STNK MTR HONDA L.6162.EA AN.LAU TAU LONG JL.PANDUGO A/28 SBY

Kos-kosan di salah satu kawasan di Kota Sampang yang diduga menjadi tempat PSK beroperasi. foto: ahmad bahri/HARIAN BANGSA

warga kemudian menyebut kawasan tersebut sebagai Gang Dolly-nya Sampang. Salah seorang warga di sana menyebutkan, aktivitas penghuni wanita d i rumah kos yang jumlah kamarnya banyak itu terlihat ganjil. Setiap hari ada saja tamu lelaki berbeda-beda datang ke sana.

”Saya khawatir tempat kos itu jadi tempat PSK dari Dolly yang pindah ke Sampang,” ungkap warga yang namanya tidak mau dikorankan itu, Kamis (19/6). Menurutnya, wanita penghuni kos itu menggunakan kode tertentu saat melakukan transaksi. ”Bila tamu mengetuk pintu tiga kali, berarti itu tamu

OTOMOTIF MOBIL

biasa. Tapi kalau mengetuk pintunya lima kali, maka itu tamu khusus yang meminta pelayanan plus,” bebernya. Kepala Satpol PP Kabupaten Sampang Hamdani mengaku tidak tahu aktivitas jasa esek-esek terselubung itu di sebuah koskosan yang disebut warga setempat sebagai Gang Dolly itu.

Namun, dia mengaku anak buahnya sudah melakukan razia di tempat-tempat kos mencurigakan, termasuk di kos yang disebut sebagai Gang Dollynya Sampang tersebut. ”Untuk mengantisipasi eksodus PSK dari Dolly, kami sudah melakukan razia selama tiga hari di enam kelurahan di Kecamatan Kota Sampang. Razia itu kami laksanakan dengan melibatkan Kasi Trantib Kelurahan dan Kecamatan serta Ketua RT, agar rumah kos yang ada di Sampang bisa dipantau,” jelas Hamdani. Selain ada ’Gang Dolly’, lanjut Camat Omben ini, ada juga koskosan di Jalan Kramat Kelurahan Karang Dalem, diduga dijadikan tempat kos para PSK melancarkan aksinya. Di sana juga ditengara ada calonya, untuk menjaring para lelaki hidung belang. ”Kami akan terus lakukan razia ke tempat-tempat kos mesum,” tandas Hamdani. (hri/sal)

MOTOR

SEWA MOBIL

Kehilangan STNKB Honda th. 2013 AE4310-NA a/n: Prawoto d/a: Grumbul Malang Rt. 01 Rw. 12 Ds. Pupus Lembeyan Magetan. Kehilangan STNKB Honda th. 2013 AE4310-NA a/n: Prawoto d/a: Grumbul Malang Rt. 01 Rw. 12 Ds. Pupus Lembeyan Magetan.

fn*9/6-8/7/14

up*22/5-23/6/14

20/6/14

STNK MTR HONDA L.2728.GZ AN.MAGDALENA ATI.S JL.GUNUNGSARI INDAH BB/43 SBY 20/6/14

STNKMTRYAMAHAL.6413.CNAN.RIDMAN.H.D.P JL.KARANGMENJANGAN5/12SBY 20/6/14

STNK MTR HONDA L.6024.TC AN.RYAN EKA.DDA.SURABAYA

Kehilangan STNKB Dump Truckth. 2013 W9768-UE a/n: Nanang Mustanda d/a: Tenaru Driyorejo Gresik

STNK MTR SUZUKI L.5032.BD AN.SETIAWAN JL.KAPAS BARU 8/128 SBY

Kehilangan STNKB Dump Truckth. 2013 W9768-UE a/n: Nanang Mustanda d/a: Tenaru Driyorejo Gresik

STNK MBL T.INNNVA L.1817.NM AN.PT ANGKASA RIA INDAH ABADI JL.PANANG GARONG 19 SBY

Kehilangan STNKB Dump Truckth. 2013 W9768-UE a/n: Nanang Mustanda d/a: Tenaru Driyorejo Gresik

STNK MTR YMH TH.12 L.4551.SH AN.KURNIAWAN.SJL.SIDOTOPOWTN30SBY

20/6/14

20/6/14

SS MOBIL 21 Termurah Bergaransi Spesial Mobil Pick Up, Sedan, Jeep, Mini Bus Harga 50-150 Jt-an. Hub: 031-5616006, 81308308 Zebra ZL ‘04 (54), Feroza ‘99 (70) Realvan 05+04+01 (50) Katana 97+95 (56) Atoz ‘04 (64) Getz ‘06 (82) Carens a/t ‘00 (60) Timor Dohc ‘02 (54) dll. Bisa Kredit

20/6/14

up*18/6-17/7/14 fn*22/5-22/6/14

KURSUS MOBIL

VARIASI MOBIL

hw*31/5-30/6/14

**ELLY RENT CAR** Menerima Carteran Mobil + Driver Luar Dalam Kota Hub: 031-31226478, 082136052979, 085854461757 hw*13/6-13/7/14

“PROMO PAKET TOUR” ARLINTA 031-70262428, 71761674, 8714795, 08123501089 Email:arlinta_transport@ yahoo.co.id Website:www.arlinta transport. com Mywakan Avanza, Innova, ELF, Hiace Comuter, Pregio, Travello, T.Altis, New Camry, Xerena, Fortuner, Alphard, Vellvire, Mercy New Eyes S350+S500, Mini Bus, Tape, Rec, Seat, Hri/Bln-an, D/L Kota, Mbl baru2, Rute Jawa-Bali dg Sopir Brpglaman & Sabar

up*21/5-21/6/14

SMART KURSUS MOBIL Latihan ke Mall, Tol, dll. 031-8287689, 71507959, 081234540248, 087853035757 up*17/6-16/7/14

hw*30/5-30/6/14

MOTOR up*30/5-30/6/14

**AGUNG TRANS** Kijang - Panther Innova - Xenia - Altis,dll. Dalam / Luar Kota + Sopir. Hub. Jl.Mleto Gg.I/32 Sby, Telp. 03170073663, 085850818642 fn*22/5-22/6/13

MJ RENT A CAR Hub. 031-70777306, 03177725563, 8669320, 08121703970, New Eyes, Camry, Altis, Alphard, ELF, Pregio, Travello, Avanza, LGX, Innova, Bus AC Pariwisata 29,30,43,60 + Toilet, TV, CD, Karaoke, Recleaning Seat dan Terima Kontrak Bulanan / Tahunan

Kehilangan STNKB Suzuki th. 2014W-4932JH a/n: Arif Zulkarnaen d/a: Jl. Magetan 26 Manyar Gresik. Kehilangan STNKB Suzuki th. 2014W-4932JH a/n: Arif Zulkarnaen d/a: Jl. Magetan 26 Manyar Gresik. Kehilangan STNKB Suzuki th. 2014W-4932JH a/n: Arif Zulkarnaen d/a: Jl. Magetan 26 Manyar Gresik. .

hw*5/6-5/7/14 up*13/6-12/7/14

SPC PEREDAM MOBIL, Harga Promo Produc Impor, Serasa Mobil Mewah, Lebih Kedap & Dingin Hub: 081331585566 hw*8/6-8/7/14

**ANUGERAH** Telp. 031-70575627, 08123239560 Innova, Avanza, Xenia, Livina, Travello, ELV, BBM + Sopir Murah hw*1/6-1/7/14

DIJUAL CEPAT MOBIL DAIHATSU XENIA Th.2009 Type Delux Plus Warna Hitam. Hub: 031-81320009, 082230600899 hw*30/5-30/6/14

hw*12/6-12/7/14

up*23/5-23/6/14

AG 2387 ZL PURNAWANTO RT 07/02 KARANGANYAR PULE T.GALEK

STNK MTR HND TH.06 L.3856.EF AN.PT YUDHISTIRA GHALIA INDONESIA JL.BILITON 73 SBY

20/6/14

20/6/14

AG 5251 YE SUKATNO RT 06/02 SLAWE WATULIMO T.GALEK 20/6/14

AG 2225 ZN MARLAN RT 15/05 PURU SURUH T.GALEK. 20/6/14

AG 3143 ZL MUHADJI RT 01/01 MUNJUNGAN T.GALEK 20/6/14

AG 3097 ZY MUSOLI RT 24/08 KEDUNGLURAH POGALAN T.GALEK 20/6/14

PASURUAN

20/6/14

STNK MTR YMH 14D TH.08 L.6737.NC AN.ROIS SETIAWAN JL.PELEMAHAN 5/1 SBY 20/6/14

STNK MTR HND NF11B TH.12 L.5983.HA AN.ROCHMAD.H JL.MARGOREJO 1E/63 SBY 20/6/14

STNK MTR HND CB100 TH.76 L.2188.DG AN.DWI CAHYN.B JL.MULYOSARI PRIMA1/3 MA4 SBY 20/6/14

STNK MBL PICK UP TH.96 L.8164.AR AN.TIO HOEI POO JL.LEBAK ARUM 7/6 SBY 20/6/14

HLG STNK YMH08 N2404VJ AN WAHYUDISUKOREJO 3/2 SUKOREJO 20/6/14

HLG BUKU BPKB HND11 N4000ON NOKA MH1JF6114BK116297 NOSIN JF61E1114797 AN FAZA FAUZIYAHKOLURSARI 4/2 BANGIL

SERVICE

HLG STNK HND13 N3757TAB AN M RIBUT RIYANTO-GAJAHBENDO 9/4 BEJI

SERVICE MOBIL KIA - HYUNDAI, Melayani Dalam & Luar Kota Emergency Call Hub. 031-77169465, 08123237573

HLG HND04 N6162VR AN SUNJONOSENTUL 1/5 PURWODADI PAS

up*13/6-12/7/14

20/6/14

STNK MTR SZK UY125 TH.09 L.6802.PN AN.PIPIT DWI.N JL.KAMPUNG MALANG UTR 7/7B SBY 20/6/14

20/6/14

ALFA ‘94=19, Scup ‘82=18, Kaze ‘96=2, Bravo ‘94=18, Tornado ‘97=2, Crystal ‘94=18, RC ‘85=1, Robot ‘84=1 Jl.Barito Blok E1 No.5 Wisma Tropodo Waru Telp. 03172430667, 082233358875

up*5/6-4/7/14

20/6/14

STNK MTR HND NF11B TH.09 L.6308.CU AN.HERY WARSITO JL.PACAR KEMBANG 3/ 63 SBY

STNK MTR YMH TH.11 L.3217.Y AN.TRI ERNAWATI JL.CANDI LONTAR 41L/13 SBY

20/6/14 fn*12/6-11/7/14

20/6/14

STNK MTR HND NF11A TH.09 L.6572.D AN.SANTOSOJL.NGINDENINTANTMR18/46SBY

TRENGGALEK

hw*18/6-18/7/14 hw*21/5-21/6/14

20/6/14

STNK MTR YMH VEGA.R TH.04 L.3462.JJ AN.CHAYI JL.SIDOSERMO DAMRI 8 SBY

20/6/14

STNK MTR HND TH.07 L.2383.OA AN.MUSLIMINJL.TEHNIKKOMPUTERITSSBY 20/6/14

STNK MTR YMH TH.11 L.6416.BC AN.CITRE DIAS.B.K JL.BUMI MARINA EMAS TMR 3 SBY 20/6/14

STNK MTR SZK TH.86 L.8019.AB AN.MARLAN JL.RUNGKUT PERMAI 4/K18 SBY 20/6/14

STNK MTR HONDA L.3764.OE AN.SUNARTI JL.KEPUTIH 1B/25 SBY 20/6/14

STNKMTRYMH1LBTH.13L.6508.JJAN.HENNY ERAWATIJL.JEMURNGAWINAN1/1SBY 20/6/14

STNK MTR YMH 54P TH.12 L.5765.CS AN.SUDARMIYANTIJL.PANJANGJIWOBSR29BSBY 20/6/14


11

HARIAN BANGSA

JUMAT, 20 JUNI 2014

Risma... Sambungan dari halaman 1 Rp 20 miliar untuk Jarak, karena lokasinya lebih luas dari Dolly. Wal i Kota Surabaya Tri Rismaharini menyatakan mengatasi dampak penutupan DollyJarak membutuhkan proses. "Semua butuh proses. Kita sudah menyiapkan program-program untuk itu. Yang terpenting adalah bagaimana mengangkat derajat mereka dan menyelamatkan masa depan anak-anak di sana (lokalisasi)," cetus Risma di balai kota, Kamis (19/6). Risma mengaku telah menyiapkan anggaran dengan total Rp 36 miliar untuk pembebasan lahan di dua lokalisasi di Kelurahan Putat Jaya itu. Rinciannya, Rp 16 miliar untuk Gang Dolly dan Rp 20 miliar untuk Jarak, karena lokasinya lebih luas dari Dolly. "Nanti kita akan l ihat lokasinya juga, apakah cocok untuk dijadikan taman atau tidak. Kita juga akan membuat central PKL, untuk menampung warga agar perekonomiannya cepat kembali pulih," papar dia. Untuk Wisma New Barbara milik Sakak, Pemkot Surabaya juga telah menyiapkan Rp 9 miliar untuk merehabilitasinya, menjadi gedung multifungsi enam lantai. "Itu masih proses, yang pasti sudah kita siapkan Rp 9 miliar," jlentreh Risma. "Yang terpenting tanggung jawab saya kepada warga bisa selesai. Karena ini tanggung jawab saya pada masyarakat dan Tuhan. Masalah perekonomian warga harus selesai. Dan bisa menjadi lebih baik," tandas dia.

Di Surabaya... Sambungan dari halaman 1 Namun, gagasan tersebut dinilai terlambat lantaran saat ini sudah terdapat lebih dari 500 toko modern berdiri di Surabaya. Gagasan yang dilontarkan Komisi B (perekonomian dan keuangan) DPRD Surabaya dengan membuat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) penataan toko modern tersebut, bertujuan untuk menata keberadaan toko modern. Harapanya, keberadaan minimarket di Surabaya tak akan ada lagi yang berdekatan d i satu ruas jalan, apalagi berhadapan dan bersebelahan. Ketua Pansus Raperda Penataan Toko Modern, Eddy Rusianto menuturkan, tujuan dibuatnya Raperda penataan toko modern untuk melindungi toko kelontong milik warga.

Angkat Koper... Sambungan dari halaman 1 Jalan Spanyol untuk lolos kian berat setelah di menit 43 Charles AranguizmenjeboljalaIkerCasillas. Sisa waktu di babak kedua tak bisa dimaksimalkan dengan baik meski Spanyol punya banyak peluang. Pada akhirnya kekalahan kedua di fase grup ini, setelah digilas 15 oleh Belanda di partai perdana, mengharuskan 'Tim Matador' angkat koper lebih cepat karena belum punya poin sama sekali. Posisi tim Vicente del Bosque ini ada di urutan terbawah, kalah selisih gol dari Australia yang juga sama-sama sudah tersingkir usai kalah 2-3 dari Belanda beberapa jam lalu. Sementara Chile lolos bersama Belanda sebagai wakil grup ini di fase 16 besar. Poin mereka sama yakni enam dan akan memperebutkan posisi juara grup di laga terakhir. Spanyol bukanlah tim juara bertahan pertama yang tersingkir di babak grup. Nasib mereka sama dengan Brasil pada tahun 1966, Prancis pada tahun 2002, dan Italia pada tahun 2010.

Pemikiran... Sambungan dari halaman 1 Adalah Galilio Galeily, ilmuwan yang mengedepankan teori bumi bulat dengan sekian argumen. Pandangan itu berlawanan dengan pandangan gereja yang konvensional, bahwa bumi itu datar. Akibatnya, Galilio dan pengikutnya harus mati di tiang gantungan. Di sinilah sejarah mencatat, bahwa ilmu pengetahuan pernah berhadapan dengan kekuasaan gereja yang keras, sehingga ilmu tidak punya ruang berkembang dan maju, meski akhirnya kebenaran ilmu yang menang dan diterima dunia. Itulah rezim Gereja masa lalu yang tega menghabisi nyawa ilmuwan demi mempertahankan keyakinannya, meski salah.

Deadline 5 Hari Untuk Uang Pesangon Dalam kesempatan itu, Risma juga menjelaskan soal uang pesangon bagi 1.449 pekerja seks komersial (PSK) dan 311 mucikari eks Gang Dol ly dan Jarak. "Mereka mendapatkan uang itu berdasarkan rekening bank yang sudah kita bukakan atas nama mereka. Jadi uang itu langsung diterima mereka tanpa perantara," ucap Risma. Bagaimana dengan warga atau mucikari maupun PSK yang menolak uang kompensasi itu, karena memang menolak penutupan? "Kita hanya mengasih waktu lima hari untuk mengambilnya. Jika tidak, kita tetap akan 'turunkan' bulan puasa nanti. Setelah lebaran sudah tidak ada lagi wisma di sana (Dolly dan Jarak). Kalau masih dibuka ya kita tutup lagi. Itu butuh proses. Memang tidak bisa langsung. Buktinya di Dupak Bangunsari bisa," tegasnya. Uang kompensasi dibagikan di Koramil 0832/01 Kecamatan Sawahan, sejak Kamis (19/6) pagi kemarin. Dari total Rp 7.313.000.000 yang diberikan Kemensos saat deklarasi Rabu malam lalu, masing-masing PSK mendapat Rp 5.050.000 dalam bentuk rekening bank. Sementara mucikarinya, dari total 1.550.000.000, masing-masing mendapat Rp 5 juta yang dibagikan secara langsung. Soal Perda Nomor 7 tahun 1999 yang menjadi dasar penutupan, Risma menegaskan, aturan sudah jelas melarang bangunan dijadikan tempat maksiat. "Saya hanya menerapkan Perda yang ada, kalau tidak ya cabut dulu itu Perda, saya bu-

kan yang membuat Perda. Saya hanya menerapkan aturan. Apa kita harus membiarkan anak-anak seperti itu (hidup di lokalisasi), membiarkan warga tidak bisa diterima bekerja karena tinggal di lokalisasi? Ini menyangkut manusia," tandas Risma. Bagi yang melanggar, wali kota kelahiran Ked iri ini meminta aparat kepol isian segera menindaknya. "Ini soal aturan, polisi yang bergerak. Perda Nomor 7 adalah masalah bangunannya, kalau masalah kasus Trafficking itu urusan hukum yang berjalan. Jadi itu bukan hanya masalah Perdanya, tapi juga kasus perdagangan manusia. Kalau mereka tetap buka, pol isi yang akan bergerak," ancam dia. Soal Surat Keputusan (SK) penutupan, Risma membantah terbitnya SK itu. "Tidak ada SK, saya hanya menjalankan Perda yang sudah ada. Sekarang begini, saya tidak pernah membuka, bagaimana saya menutup. Jadi ini masalah aturan yang dilanggar, maka saya menjalankan aturan yang ada itu," jlentrehnya. Di sisi lain, pembagian uang pesangon bagi PSK dan Mucikari Dolly-Jarak diwarnai munculnya intimidasi agar PSK dan Mucikari tidak menerima uang pesangon tersebut. Menurut Dinsos Surabaya, sed ikitnya animo PSK dan mucikari untuk mendaftar dikarenakan adanya intimidasi dari warga dan preman di Gang Dolly dan Jarak. "Informasi dari para pendamping, memang ada ancaman dan intimidasi, makanya banyak yang takut ke sini," ujar Sekretaris Dinsos Surabaya, Endah Purwanti saat me-

mantau jalannya pendataan pemberian bantuan di Kantor Koramil Sawahan, Kamis (19/6). Dari data yang hadir, PSK yang sudah mendaftar sebagai penerima bantuan hingga pukul 12.00 WIB kemarin, baru 17 orang, padahal di data base Dinsos tercatat 1.449 PSK di lokalisasi Jarak dan Dolly. Sedang mucikari dari 313, baru 13 orang yang datang. "Karena intimidasi itu banyak yang takut ke sini. Ke sini juga diam-diam takut dengan ancaman pihak sana," ujarnya. Sementara, Pemkot Surabaya juga mengawal i langkahnya paskapenutupan Dol ly-Jarak dengan menyerahkan secara simbolik kontrak kerja kepada 97 warga terdampak, warga yang tinggal dan menggantungkan mata pencaharian dari Dolly-Jarak. Warga yang saat ini menjadi PKL, buruh cuci, tukang parkir hingga penjaga keamanan itu direkrut menjadi pegawai Pemkot Surabaya dengan status tenaga kontrak. "Ada yang bekerja di Bakesbangl inmas, Satpol PP, Diskominfo, Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang dan rumah sakit milik pemkot," terang dia. Sebelumnya, meski sudah digelar deklarasi Penutupan Dolly-Jarak, di gedung Islamic Centre, Rabu (18/6) malam lalu, warga, mucikari dan PSK yang kontra penutupan, memaksa tetap membuka wisma mereka masing-masing. Mereka ingin Dolly dan Jarak tetap berd iri, sebagai akses perputaran ekonomi masyarakat yang banyak menggantungkan hidup dari geliat prostitusi yang disebut-sebut terbesar di Asia Tenggara itu. (yul/mer/dtc/lan/sta)

Sebab, kata dia, dari data yang dimiliki komisinya, setidaknya ada 400 toko modern yang belum mengantongi Ijin Usaha Toko Modern (IUTM). "Kami tidak melarang keberadaan toko modern, tapi hanya menata keberadaannya," terang Eddy Rusianto. Menurutnya, selama ini komisinya cukup paham dengan keberadaan minimarket yang tidak tertata secara baik. namun lantaran belum ada aturan yang mengaturnya pihaknya belum bisa melakukan aksi nyata dalam menatanya. Ketika ditanya bagaimana jika persil atau lahan yang digunakan merupakan milik pengusaha sendiri, dia justru khawatir. Menurutnya, kendati lahan tersebut milik pengusaha, ada cara lain yang bisa digunakan pemkot dalam menindaknya. "Jika pemiliki minimarket tetap bandel pemerintah kan bisa

tidak memperpanjang IUTM yang d imil iki pengusaha," tandasnya. Sementara Ketua Komisi B Rusli Yusuf menegaskan, penyelesaian Raperda tentang toko modern diproyeksikan selesai sebelum masa jabatan akhir dewan berakhir pada Agustus mendatang. "Bahkan, kita optimistis pada Mei sudah disahkan sebagai Perda," kata Rusli. Menurut Rusl i, perkembangan minimarket di Surabaya luar biasa pesat. Keberadaan toko modern ini bukan hanya dominasi di daerah kota, jauh di perkampungan sudah d i kepung dengan minimarket. Akibatnya, masyarakat yang hidup dari pracangan lambat laun kehilangan pelanggan. Selain mengatur lokasi antar toko modern, keberadaan reparda penataan toko modern juga mengatur lebar jalan dimana toko tersebut berdisi

serta jam buka. Karena saat ini, tidak sedikit toko modern yang buka selama 24 jam. "Kan ada minimarket buka 24 jam, itu juga menjadi perhatian drai kita," tandasnya. Terpisah, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Surabaya, Hadi Mulyono tidak mempermasalahkan rencana penataan toko modern di Surabaya. Sebab, kebijakan tersebut tidak akan mempengarui anggotanya yang mayoritas terdiri dari koperasi. "Ada tidaknya raperda ini tidak mempengaruhi keberadaan koperasi d i Surabaya. Sebab koperasi telah memiliki segmen tersendiri di masyarakat," kata Hadi Mulyono. Menurut Had i Mulyono, rencana penataan yoko modern memiliki banyak keuntungan. Salah satunya, rencana tersebut akan membuat perekonomian di Surabaya semakin merata. (lan/sta/bersambung)

Hasil buruk ini juga menghentikan dominasi Spanyol di kancah persepakbolaan dunia dalam beberapa tahun terakhir. Mereka sebelumnya menjadi juara di Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010, dan Piala Eropa 2012. Del Bosque, pelatih yang mengantarkan Spanyol jadi kampiun Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012 , menyadari bahwa Federasi Sepakbola Spanyol akan melakukan evaluasi besar-besaran setelah ini dan dia harus siap bertanggung jawab. "Kapanpun sesuatu yang negatif terjadi di Piala Dunia atau kompetisi penting seperti ini, pasti ada konsekuensinya," tutur Del Bosque seperti dikutip Reuters. "Saya tak ingin masuk ke analisis itu karena kami punya banyak waktu di depan kami," tambahnya. Sementara bagi Chile, hasil tersebut menorehkan rekor baru karena itu menjad i kemenangan pertama La Roja di Stadion Maracana. Ini merupakan kemenangan pertama Chile di stadion tersebut dalam 11 kesempatan tampil di sana. Pada 10 pertandingan sebelumnya, hasil terbaik yang

didapat Chile cuma sekali bermain imbang, sementara sembilan lainnya tuntas dengan kekalahan. Dari sembilan kekalahan di Maracana, tujuh di antaranya di derita saat berhadapan dengan Brasil. Dua kekalahan lainnya terjadi pada Piala Dunia 1950. Chile dibekuk Inggris dengan skor 0-2, dan Spanyol juga dengan skor sama 0-2. Di Grup A, Kroasia berhasil menghidupkan peluangnya untuk lolos dari babak grup Piala Dunia 2014. Pada pertandingan kedua, tim asuhan Niko Kovac itu meraih kemenangan telak atas Kamerun dengan skor 4-0. Dengan hasil ini, Kroasia menempati posisi ketiga klasemen Grup A dengan poin tiga, di bawah Brasil dan Meksiko yang sama-sama punya poin empat. Sementara itu, Kamerun yang berada di posisi terbawah dipastikan tersingkir karena belum mendapatkan poin Permainan Mario Mandzukic. langsung mampu menyalakan kembali asa timnya untuk lolos dari fase grup. Mandzukic ikut berperan dalam menentukan kemenangan 4-0 Kroasia atas Kamerun,

Kamis (19/6) pagi WIB. Penyerang 28 tahun tersebut mencetak dua gol di laga tersebut dan ditunjuk FIFA jadi Man of The Match. Hasil itu sendiri membuat Kroasia kembali membuka peluang lolos-sekaligus memastikan Kamerun masuk kotak-setelah di laga pertama, yang dimainkan tanpa Mandzukic akibat skorsing, kalah 1-3 dari tuan rumah Brasil. "Pelatih manapun akan senang memiliki seorang pemain seperti dirinya di tim. Ia bukan cuma pencetak gol-sikapnya memberi semangat buat tim dan mempengaruhi tim lawan," kata pelatih Kroasia Niko Kovac di Reuters. "Fakta bahwa ia mencetak dua gol memperlihatkan betapa penting dirinya buat tim ini dan performa macam apa yang bisa diharapkan tim darinya," tuturnya memuji. Sementara d i Grup B, Austral ia yang bemain apik harus mengakui keunggulan Belanda. Pelatih Socceroos Ange Postecoglou menyebut kekalahan itu menyakitkan. Saat melakoni pertandingan di Estadio Beira-Rio, Porto Alegre, Rabu (18/6) malam WIB, Australia kalah dengan skor akhir 2-3 dari De Oranje. (det/reu/yah/sta/lan)

Pemasungan ilmu pengetahuan macam itu tidak pernah terjadi di dalam Islam. Semua yang diinformasikan oleh Alquran pasti benar dan aktual. Alquran selalu memberi keleluasaan gerak ilmu dan mendorong kerja akademik yang cerdas hingga bisa menghasilkan temuan-temuan baru yang bermaslahah. Soal siratan Alquran yang tidak terjangkau oleh ilmu pada saat ia turun, itu sama sekali bukan karena Alquran ngawur, melainkan soal waktu saja dan pasti akan terbukti telah tiba waktunya. Bisa lewat kemajuan ilmu pengetahuan seperti isi kandungan ayat stud i ini atau temuan fisik seperti jasad raja Fir'aun yang disebutkan bakal awet sebagai peringatan bagi umat mendatang.

Sejarah para khalifah terdahulu sangat menjunjung tinggi ilmu, sehingga para ilmuwan hidup sangat layak dari gajih tetap yang dianugerahkan pemerintah. Setiap temuan baru atau karya ilmiah ditulis dalam lembar khusus dengan spasi dan berasan huruf arab yang sudah ditentukan, lalu setiap halamannya dihargai dengan uang dinar yang fantastis. Bahkan syair-syair pemujian terhadap Islam atau pribadi raja mendapat hadiah khusus. Pernah sekali terjadi hak sebagian penyair mendapat hadiah ditiadakan. Mereka menuntut dan pihak istana memberi penjelasan, bahwa hal itu karena kata-kata yang dipakai atau ide yang dikemukakan sudah pernah dipakai oleh penyair terdahulu. Di sini jelas sekali, bahwa sudah ada kontrol ilmu dan karya ilmiah

yang cukup ketat dari pemerintah, sehingga tidak terjadi tindak plagiat, mencontek karya orang lain. Harus baru dan original. Imam Malik ibn Anas, tokoh madzhab Maliki konon asalnya sebagai guru agama biasa yang kond isi ekonominya cukup memprihatinkan. Dikisahkan, bel iau pernah menjual kayu teras rumah untuk kebutuhan makan keluarga. Begitu dedikasinya dalam bidang ilmu amat terkenal, maka pemerintah menggajinya cukup, sehingga lahirlah karya ilmiah yang monumental, koleksi Hadis bertitel " al-Muwatta'" yang menjadi rujukan banyak ilmu pengetahuan. Selanjutnya, Islam memproduk banyak ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk matematika, fisika, astronomi dan sebagainya.

Dukung... Sambungan dari halaman 1 "Saya memang masuk komunitas Kawan Jokowi. Makanya, mau nggak mau saya mengenakan atribut untuk menunjukkan dukungan saya terhadap Jokowi. Otomatis saya ya begini," akunya di Blitz

Amankan... Sambungan dari halaman 1 Ital ia mengandaskan tim kuat Inggris, sementara Kosta Rika secara mengejut kan mengalahkan Uruguay. Jelang laga tersebut, Italia memang masih menanti kabar terakhir terkait cedera kiper utama mereka, Gianluigi Buffon. Namun, andai Buffon belum siap bermain, Ital ia masih memiliki Salvatore Sirigu yang bermain gemilang saat mengalahkan Inggris di partai pertama, meskipun kabar terakhir menyebut Sirigu sempat mengeluhkan sakit pada leher. Begitu juga dengan kondisi bek kiri Mattia De Sciglio yang tampaknya masih akan absen pada

Otoritas... Sambungan dari halaman 1 Dia mengatakan, selama ini soal ekstradisi masih menggunakan undang-undang yang lama. Mantan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung itu mengatakan, usulan tersebut sudah disampaikan kepada Komisi III DPR RI. "Sedang kami sampaikan pemikiran ini," ujarnya. Sementara itu, Asisten Intelijen (Asintel) Kejati Jatim Andi Herman menjelaskan, otoritas (central authority) perburuan tersangka, terpidana atau terdakwa serta pemulihan aset yang ada di luar negeri memang sebaiknya di bawah langsung kejaksaan. "Yang berwenang berkomunikasi dengan pihak luar. Misalnya ekstradisi terpidana yang berada

Hakim... Sambungan dari halaman 1 proyek pembangunan Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang itu terus dilanjutkan. "Menolak eksepsi dari Anas Urbaningrum dan tim penasihat hukum terdakwa sehingga memerintahkan jaksa untuk melanjutkan persidangan," kata Ketua Majel is Hakim, Haswandi saat membacakan putusan sela tersebut. Dalam pertimbangannya, majelis hakim menilai eksepsi Anas sudah memasuki materi perkara yang harus dibuktikan dalam persidangan mendatang. "Menimbang, karena dakwaan sah menurut hukum maka ditetapkan untuk melanjutkan pemeriksaan perkara ini," lanjut Haswandi. Namun, dalam putusan sela tersebut sempat diwarnai dissenting opinion (beda pendapat) dari

Warga... Sambungan dari halaman 12 Selain dalam gugatan itu menuntut Semen agar bertanggungjawab atas perusakan jalan, warga juga mendesak agar pengadilan nanti juga meminta Semen Gresik mengembalikan tanah GG warga seluas 7,5 hektar yang diserobot (diambil) Semen. "Tanah itu tanah kami. Kami memiliki buktinya, " ungkapnya. Pend ik, begitu panggilan akrab Ahmad Effendy memastikan Semen Gresik tidak memiliki data, baik berupa ser-

Hasil Survei... Sambungan dari halaman 12 Bahkan posisi JK sebagai Mustasyar PBNU dan peran bapaknya sebagai tokoh besar NU di Sulawesi Selatan sudah dipahami semua orang. Selain itu, faktor dukungan PKB juga berpengaruh besar terhadap kemenangan Jokowi – JK di Jatim dan Jateng. Karena PKB adalah partai pol itik yang menjadi wadah pol itik nahd l iyin. Sedangkan di Jateng memang basis PDI Perjuangan dan ada faktor Ganjar selaku kader partai yang bisa menjadi votegetter. “Semua kekuatan saat ini memang terpecah termasuk NU. Tapi sebagian besar suara NU itu berpihak ke Jokowi – JK. Hal itu karena faktor JK sebagai kader NU dan dukungan PKB sebagai partai yang berbasiskan

Megaplex Pacific Place, Jakarta Selatan, kemarin (17/6). Selain itu, rencananya ia juga akan ikut menyebarkan tabloid Pelayan Rakyat ke masayarakat. Tabloid itu berisi klarifikasi pemberitaan yang d itul is Tabloid Obor Rakyat, yang dinilai menyudutkan Jokowi. "Kita akan menyebarkan tabloid Jokowiÿd i tengah

lapangan dan masyarakat. Untuk saat ini masih d i sekitaran Jakarta saja," tukasnya. Mel ly Manuhutuÿmenjadi salah satu artis yang secara terang-terangan mendukung Jokowiÿdan JK. Sebelumnya grup musik Slankÿdan Nina Tamamÿjuga mendukung Jokowiÿmenjad i Presiden Indonesia. (kpl/sta)

laga ini. Karena itu, pelatih Cesare Prandelii akan tetap mengandalkan Giorgio Chiellini di sisi kiri. Sedangkan untuk tukang gedor, Azzurri masih akan mengandalkan Mario Balotelli yang di laga pertama mampu mencetak gol kemenangan. Sementara itu Kosta Rika tak memil iki problem cedera pemain seperti yang dirasakan calon lawan mereka, Ital ia. Pelatih Kosta Rika, Jorge Luis Pinto bisa memainkan komposisi terbaik mereka pada laga tersebut. Dan melawan Italia, Jorge Luis Pinto tampaknya akan mempertahankan the winning team yang sukses mengalahkan Uruguay d i laga pertama. Artinya, nama-nama seperti kiper Keylor Navas, kapten Bryan

Ruiz hingga striker Joel Campbell akan tetap menjadi andalan. Menarik untuk menanti pertemuan kedua tim yang terakhir kali bertemu pada 1994 silam tersebut. Mampukah Italia mengulang kemenangan pada pertemuan terakhir kedua tim? Atau justru Kosta Rika yang kembali mengejutkan di Piala Dunia 2014. (bol/yah/spo/sta/lan)

di luar negeri," ujarnya di selasela diskusi. Itu diusulkan, lanjut Andi, sebab yang mengetahui pasti sebuah kasus hukum adalah kejaksaan. "Tapi selama ini central authority-nya berada di bawah Kemenkum HAM," tandasnya. "Nah, untuk efesiensi, kenapa gak langsung lewat kejaksaan. Birokrasinya bisa dipersingkat," imbuhnya. Di beberapa negara, kata Andi, sudah memberlakukan kejaksaan sebagai otoritas sentral pemulangan pihak beperkara yang berada di luar negeri, begitu juga dalam hal pemulihan aset negara karena kasus korupsi, misalnya, yang berada di luar. "Nah, di diskusi ini nantinya akan dibahas soal ini sebagai usulan," ujarnya. Di seminar ini, selain Wakil Jaksa Agung Andi Nerwanto,

juga hadir sebagai pembicara Pakar Hukum Tata Negara Universitas Trisakti Dr Ramelan, Prof Dr Tatik (Unair), Prof Dr Soedarsono (Universita Brawijaya), dan Wakil Ketua Komisi III (bidang hukum) DPR RI Ir Tjatur Sapto Edy. Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III Tjatur Sapto Edy mengaku sepakat dengan pemikiran pihak kejaksaan yang menginginkan masalah ekstradisi pihak beperkara di bawah otoritas pusat yang dikendalikan kejaksaan. Dia juga menyinggung soal jabatan Jaksa Agung yang harus ditunjuk dari jaksa karir. Ketentuan selama ini, kata dia, Jaksa Agung bisa ditunjuk dari luar kejaksaan. "Kami juga akan membahas itu di revisi KUHAP, KUHP dan UU Kejaksaan yang sekarang masih dibahas di Senayan," kata Tjatur. (sal/lan/sta)

dua hakim anggota, yakni Slamet Subagyo dan Joko Subagyo. Keduanya, mengatakan bahwa Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak berwenang menuntut atas Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Mengingat, dalam UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang TPPU, tidak ada aturan yang tegas mengatur perihal kewenangan penuntutan TPPU. Tetapi, berdasarkan ketentuan dalam KUHAP, keputusan diambil berdasarkan suara terbanyak. Sehingga, keputusan akhirnya adalah jaksa KPK memiliki hak melakukan penuntutan terhadap TPPU. Dengan pertimbangan, penyidikan pencucian uang haruslah juga diusut oleh penyidik tindak pidana asal. "Kewenangan penuntutan juga ada pada KPK. Dengan demikian eksepsi pada poin satu tidak berdasar menurut hukum dan harus ditolak," ujar Haswandi.

Seperti diketahui, terhadap Anas Urbaningrum terancam pidana selama 20 tahun penjara karena didakwa melakukan tindak pidana korupsi (tipikor) dan pencucian uang terkait proyek pembangunan Pusat Pend id ikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang. Dalam dakwaan yang dibacakan dalam sidang d i Pengadilan Tipikor, Jakarta, Jumat (30/5), Anas selaku anggota DPR RI dengan masa jabatan 2009-2014, menerima hadiah atau janji berupa, 1 unit mobil Toyota Harrier B 15 AUD senilai Rp 650 juta, 1 unit mobil Toyota vellfire Rp 750 juta dari PT Atrindo Internasional. Kemud ian, menerima fasilitas survei senilai Rp 487 juta dari Lingkaran Survei Indonesia terkait pemenangan sebagai Ketum Partai Demokrat. Serta, menerima uang sejumlah Rp 116 miliar dan US$ 5,2. (brst/ lan/sta)

tifikat atau lainnya, kalau tanah GG seluas 7,5 hektar yang telah rusak karena ditambang itu adalah miliknya. Karena pihaknya sudah mengecek ke BPN (Badan Pertanahan Nasional) kalau tidak memiliki sertifikat tanah tersebut. "Sangat tidak mungkin tanah GG muncul sertifikat, " pungkasnya. Ditambahkan Pendik, upaya warga Ngargosari, Klangonan, Gulomantung dan Kembangan yang meminta agar Semen Gresik mengembalikan tanah GG seluas 7,5 hektare merupakan bentuk kepedulian warga untuk menyelamatkan aset pemerintah.

"Pak Bupati harus membantu upaya kami, "pintanya. Sementara Sekretaris Perusahaan PT Semen Indonesia, Agung Wiharta mengatakan, jika warga Ngargosari, Gulomantung, Klangonan dan Kembangan melakukan gugatan class action karena merasa jalan desanya dirusak dan tanah GG seluas 7,5 hektare diserobot Semen Gresik (Semen Indonesia), merupakan jalan yang terbaik. "Itu jalan yang terbaik, biar nanti pengadilan yang memutuskan. Saya rasa itu cara yang baik, yang legal, " kata Agung. (hud/lan)

massa NU. Selain itu, dukungan Khofifah selaku tokoh NU juga berkontribusi besar terhadap kemenangan,” papar alumnus Unair itu. Selain mengacu pada data empiris, Eva juga membeberkan keunggulan Jokowi-JK atas pasangan Prabowo-Hatta berdasarkan data survei. Pasalnya, dari 9 hasil survei terakhir yang sudah dirilis oleh sejumlah lembaga survei, 7 diantaranya dimenangkan oleh pasangan nomor urut 2 (Jokowi-JK). Sementara 2 survei lainnya dimenangkan pasangan nomor urut 1. “Dari 9 survei, 7 survei JokowiJK menang. Kemenangannya di atas 10 persen. Sedang 2 survei lain adalah survei buatan kubu lawan, sebagai sarana agitasi dan propaganda mereka,” tandasnya. Meski yakin menang di Jatim dan Jateng, namun Eva mengakui kerasnya pertarungan di

Jawa Barat dan DKI Jakarta. Di kedua provinsi yang memiliki jumlah pemilih sangat besar itu, kekuatan Jokowi-JK dan Prabowo-Hatta cenderung berimbang. Tapi dirinya yakin trendnya suara pasangan nomor urut 2 akan meningkat. Terlebih saat ini pihaknya berhasil mengconter isu SARA dan kampanye hitam yang dialamatkan kepada Jokowi-JK. “Kami akui, kampanye hitam yang menyerang Jokowi-JK cukup mengganggu. Tapi Alhamdulillah, kami bisa mematahkan kampanye hitam tersebut. Kami juga tidak terpancing larut dalam perang kampanye hitam. Tim hukum kami sudah melaporkan semua tindakkan kampanye hitam kepada pihak Kepolisian termasuk kasus tabloid Obor Rakyat. Biar pihak Kepolisian yang bekerja mengungkap kasus tersebut,” pungkasnya. (mdr/lan)

Perkiraan Pemain Italia: Sirigu, Darmian, Bonucci, Paletta, Chiel l ini, Motta, Candreva, Pirlo (C), Verratti, Marchisio, Balotelli. Kosta Rika: Navas, Gonzalez, Umana, Borges, Duarte, Bolanos, Campbel l, Ruiz (c), D¡az, Gamboa, Tejeda.


HALAMAN 12

JUMAT, 20 JUNI 2014

Dua Hari Tak Kampanye Paspor Haji Bisa Diurus di Kantor Kemenag Surabaya-HARIAN BANGSA Calon Jemaah Haji (CJH( Surabaya yang berangkat tahun ini tidak perlu bersusah payah mengurus paspor di Kantor Imigrasi. Pengurusan paspor bisa dilakukan di Kantor Kemenag Surabaya. "Kita sudah bekerjasama dengan Kantor Imigrasi,” ujar Kepala Kemenag Surabaya Syaifulloh Anshori saat membuka Bimbingan Manasik Haji Massal bagi CJH Kota Surabaya tahun 1435 H/2014 M, di Masjid Akbar Surabaya, Kamis (19/6). Kasi Haji dan Umrah Kemenag Surabaya Farmadi Hasyim menambahkan, pengurusan paspor CJH akan dimulai pada Minggu (22/6). "Nanti akan dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu," ujarnya di sela-sela acara. "Tujuannya untuk memudahkan calon jemaah haji," tambah alumnus UIN Surabaya itu. (sal/lan)

Prabowo Dikabarkan Kena Stroke Jakarta-HARIAN BANGSA Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang juga sekaligus Calon Presiden Prabowo Subianto dikabarkan terkena stroke ringan. Kabar tersebut sudah beredar di sejumlah media sosial dan facebook. Salah satu broadcast pesan Blackberry menyebutkan, Prabowo sudah 2 hari ini tidak mengikuti jadwal kampanye. Kabar yang menyebutkan Prabowo terserang stroke dibantah Sekretaris Tim Pemenangan Prabowo-Hatta, Fadli Zon. Dia mengatakan, Prabowo masih sehat segar bugar. Menurutnya, isu tersebut menyesatkan dan diduga berasal dari rivalnya.

“Enggak lah, enggak benar. Beliau sehat, segar bugar,” kata Fadli Zon di Lapangan Leuwiliang, Kabupaten Bogor Barat, Kamis (19/6). Sementara Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto menyebutkan bahwa isu itu sengaja berhembus dari pihak yang tidak bertanggung jawab dan sengaja dilakukan untuk menjatuhkan citra Prabowo. ''Isu itu digulirkan oleh pihak-pihak yang ketakutan,'' tutur Soepriyatno di kantor DPD Partai Gerindra Jatim. Soepriyanto menegaskan, bukti Prabowo segar bugar yakni Prabowo masih berkel il ing ke sejumlah daerah. (det/mer/sta/lan)

Warga Ajukan Class Action SG Diduga Serobot Tanah 7,5 Hektare dan Rusak Jalan Desa Gresik-HARIAN BANGSA Warga Desa Ngargosari, Gulomantung, Kelangonan dan Kembangan, Kecamatan Kebomas yang tergabung dalam GAPRAKKD (Gerakan Aliansi Penyelamat Rakyat Aset Kabupaten, Kelurahan dan Desa) terus melakukan upaya untuk mendapatkan tanah GG (Government Grond) mereka seluas 7,5 hektare. Sebelumnya, tanah warga diduga diserobot PT Semen Gresik (SG) yang sekarang berubah menjad i Semen Indonesia Tbk. Mereka juga meminta pihak Semen Gresik bertanggungjawab atas dugaan perusakan jalan desa. GAPRAKKD menilai dugaan peerusakan jalan yang dilakukan pihak Semen Gresik saat melakukan penggalian (penambangan) merupakan kejahatan lingkungan. Untuk itu, GAPRAKKD akan melayangkan class action (gugatan,red) ke PN Pengadilan Negari Gresik dan ditembuskan ke PT (Pengadilan Tinggi). "Berdasarkan aturan undang-undang jika ada kejahatan l ingkungan seperti berupa peerusakan lingkungan, seperti pengerusakan jalan desa yang dilakukan Semen Gresik dan pihak-pihak terkait lakukan

Spanduk yang dipasang warga Ngargosari di JPD yang rusak akibat aktivitas penambangan. foto: syuhud/HARIAN BANGSA pembiaran, maka warga berhak lakukan gugatan class action," kata koordinator GAPRAKKD, Ahmad Effendy, Kamis (19/6). Karena itu, katanya, warga yang tinggal d i Ngargosari didukung tiga desa tetangga, yakni Desa Gulomantung dan Klangongan dan Kembangan sepakat terus berjuang untuk menuntut Semen Gresik atas kerusakan jalan desa akibat digunakan aktivitas penggalian kemudian dilakukan pematokan. "Itu bentuk kejahatan lingkungan. Makanya, kami ajukan giugatan class action, " jelasnya. Selain melakukan class action,

warga juga akan mengajukan sita jaminan ke pengadilan agar aset-aset Semen Gresik disita. Aset-aset itu bisa berupa gedung Semen Gresik atau aset lainnya. Itu sebagai bentuk kompensasi atas kerugian yang diderita warga akibat pengerusakan yang dilakukan Semen. "Kenapa saya katakan tindakan Semen itu merupakan bentuk kejahatan l ingkungan. Sebab, Semen setelah edel-edel (rusak) jalan, kemudian dipatok sehingga tidak bisa digunakan aktivitas warga, apa itu tidak bentuk kejahatan, " tukas Effendy.

Bersambung ke Hal. 11

Hasil Survei Terakhir, Jokowi-JK Menang Dari 9 Lembaga, Unggul di 7 Lembaga Eva mengakui, suara Nahdlatul Ulama (NU) memang terpecah termasuk di Jatim dan Jateng yang merupakan basis utama NU. Namun menurutnya, sebagian besar suara NU mengalir ke pasangan Jokowi – JK karena faktor Jusuf Kalla yang merupakan kader tulen NU.

Bersambung ke Hal. 11

Hasil Survei 9 Lembaga Eva Kusuma Sundari dan Tim Pemenangan Jokowi-JK blusukan menyapa warga Rusunawa dan stren kali Gunungsari untuk menyosialisasikan pasangan nomor urut 2. foto: didi rosadi/HARIAN BANGSA Surabaya-HARIAN BANGSA Tim Sukses (Timses) Capres Joko Widodo -Jusuf Kalla (JK) makin intens blusukan menyapa masyarakat bawah menjelang Pemilu Presiden (Pilpres) yang tinggal dua minggu lagi. Seperti yang dilakukan oleh Eva Kusuma Sundari, Juru Bicara Tim Pemenangan JokowiJK itu menyapa warga stren kali Surabaya, warga Rusunawa Gunung Sari dan masyarakat di Pusat Grosir Surabaya (PGS). Dari hasil blusukan selama kampanye, Eva mengaku bisa menyerap aspirasi wong cilik. Selain

itu dirinya bisa melihat sendiri besarnya dukungan masyarakat kepada Jokowi-JK. Bahkan Eva mengaku pihaknya sangat percaya diri di Jawa Timur dan Jawa Tengah Jokowi-JK akan meraih kemenangan besar. “Kami PEDE (Percaya Dirired) di Jatim dan Jateng JokowiJK menang dengan prosentase di atas 60 persen. Dua provinsi ini adalah kantong suara yang besar, karena itu menyumbangkan suara yang signifikan untuk kemenangan Jokowi-JK secara nasional,” tegas anggota Komisi III DPR RI itu, kemarin (19/6).

Populi Center (4/6): PH 36,9%, JJ 47,5%, Ngambang 14,4%, RHS SSSG (5/6): PH 28,35%, JJ 42,65%, Ngambang 29%, RHS ARC (5/6): PH 29%, JJ 38,8%, Ngambang 32,3%, RHS Cyrus Networks (10/6): PH 41,1%, JJ 53,6%, Ngambang 5%, RHS LSN (12/6): PH 46,6%, JJ 38,8%, Ngambang 14,9%, RHS PDB (14/6): PH 31,8%, JJ 29,9%, Ngambang 17,2%, RHS 19,4% LSI Deny JA (15/6): PH 38,7%, JJ 45%, Ngambang 14,4%, RHS Pol Tracking Institute (15/6): PH 41,1%, JJ 48,05%, Ngambang 10,4%, RHS Indo Barometer (17/6): PH 36,5%, JJ 49,9%, Ngambang 11%, RHS 1,5%

Komisi D DPRD Surabaya

Pelayanan Rumah Sakit Milik Pemkot Perlu Ditingkatkan Surabaya-HARIAN BANGSA Banyaknya keluhan terhadap pelayanan rumah sakit milik Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, memantik reaksi kalangan DPRD Surabaya. Dewan menilai, pelayanan rumah sakit milik Pemkot perlu ditingkatkan agar lebih maksimal. Dewan menilai, banyaknya keluhan masyarakat terkait pelayanan di dua rumah sakit milik Pemkot masing-masing RSUD dr Soewandhie dan RS Bhakti Dharma Husana (BDH), membuktikan bahwa pelayanan di dua rumah sakit tersebut masih buruk. Ketua Komisi D (Bidang Kesejahteaan dan Pendidikan) DPRD Surabaya Baktiono mengatakan, hasil survei yang dilakukan Komisi D menyebutkan tingkat kualitas pelayanan di dua rumah sakit itu hanya 50 persen. Artinya, pelayanan di dua rumah sakit kurang memuaskan masyarakat.

Pelayanan di RS Bhakti Dharma Husada diminta terus ditingkatkan.

Yayuk Puji Rahayu

"Pelayanan ini tak hanya pada sisi pelayanan pegawainya, tapi juga peralatan medis yang tersedia," katanya. Menurut dia, banyak warga yang tidak berani protes atas pelayanan

perlakuan kasar dari petugas RSUD. "Pasien ini hanya diam saja dan menerima perlakuan tersebut. Warga juga banyak yang tidak berani protes," katanya.

buruk selama mereka berada di RSUD. Bahkan ada juga pasien khususnya yang menggunakan kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mendapat

Sedangkan Anggota Komisi D DPRD Kota Surabaya, Yayuk Puji Rahayu menambahkan, saat ini banyak masyarakat pemegang Asuransi Kesehatan (Askes) yang mengeluh pelayanan rumah sakit milik pemerintah, karena ada sejumlah sistem yang berubah setelah pelayanan Askes dilebur menjadi satu dengan BPJS Kesehatan. "Kesul itan ini, misalnya pada obat. Saat sebelum menjadi BPJS, mendapatkan obat dengan Askes sangat mudah, namun sekarang menjadi sulit. Kemudian, ada obat yang harus membayar karena tidak dicover BPJS," katanya. Menurut Yayuk, selain dari sisi layanan, segi sosialisasi mengenai peral ihan Askes ke BPJS pun kurang dilakukan. Sehingga, kata dia, warga harus mencari informasi sendiri mengenai hal tersebut.

''Ini sangat merepotkan, wong mereka butuh layanan kesehatan masih harus cari kesana kemari,'' katanya. Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita, mengatakan dari hasil survei internal yang dilakukan, pelayanan di RSUD dr Soewandhie menunjukkan indeks kepuasan pasien atas pelayanan rumah sakit tersebut mencapai 78 persen. Untuk indeks kepuasan pasien atas pelayanan di RSUD BDH mencapai 76 persen. Rata-rata yang menjadi keluhan, terutama di RSUD BDH adalah pada sisi perlengkapan medis. "Sosialisasi mengenai program BPJS terus kami lakukan. Baik melalui Puskesmas maupun instansiinstansi yang lain. Puskesmas bisa melayani pasien BPJS. Jika ingin dirawat ke RSUD, harus ada rujukan dari Puskesmas," katanya. (lan/adv)


20 06 14