Page 1

Usamah berkata pada Nabi Muhammad Saw, “Wahai Rasulallah, saya tak melihat Rasul melakukan puasa (sunnah) sebanyak yang Rasul lakukan dalam bulan Sya'ban. Rasul menjawab: 'Bulan Sya'ban adalah bulan antara Rajab dan Ramadan yang dilupakan oleh kebanyakan orang.'" (HR An-Nasa'i, Abu Dawud dan disahihkan oleh Ibnu Huzaimah)

20 RAJAB 1435 H 20 MEI 2014

SELASA

Untuk Surabaya & Sekitarnya SUBUH

DZUHUR

ASHAR

MAGHRIB

ASYA’

04.04

11.21

14.43

17.16

18.28

Redaksi/Pemasaran/Iklan: Jalan Gayungsari IX/5 Surabaya Telepon: (031) 8271624, 8270967, 8270961, 8271667, Fax: 031 8270967

HARGA ECERAN Rp. 3.500,-

Koran Warga NU Dolly Ditutup, Para PSK Demo Surabaya-HARIAN BANGSA Ribuan massa yang terdiri atas Pekerja Seks Komersil (PSK), mucikari, dan warga menggelar aksi di depan kantor kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan Jalan Dukuh Kupang, kemarin (19/5). Mereka menolak penutupan Lokalisasi Dolly karena akan memiskinkan warga setempat. Mereka menilai, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya juga tidak memiliki solusi jika lokalisasi terbesar seAsia Tenggara benar-benar ditutup pada 19 Juni mendatang. Massa yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Bersatu (GRB) ini berkumpul di depan kantor Kelurahan Sawahan sekitar pukul 10.00WIB. Setibanya d i sana, massa langsung menggelar orasi. Sedangkan beberapa perwakilan dari GRB menggelar dialog dengan Camat Sawahan dan Lurah Sawahan di pendopo kelurahan. Dalam orasinya, salah satu peserta aksi mendesak agar Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini membatalkan penutupan Dolly. Sebab, massa menilai, warga masih sangat menggantungkan hidupnya dari gel iat lokal isasi yang dibangun noni Belanda, Dolly Van Der Mart tersebut. Tak hanya berorasi, dalam aksinya, massa juga membakar ban bekas. Salah satu peserta aksi juga mengenakan pakaian pocong sebagai simbol matinya hati nurani pemkot.

Pengasuh: Dr. KHA Musta’in Syafi’i, MAg

Terjemah al-Ra’d: 22

Bisakah Hapus Dosa dengan Amal Salih? SIFAT ulil albab yang kesembilan adalah: “yadra’un bi al-hasanah al-sayyi’ah”. Menghalau keburukan dengan kebajikan. Ada dua tehnik dalam kerja sifat ini: pertama, bersifat protektif, yaitu selalu membentengi diri dengan aktif melakukan amal-amal bagus demi menghalau perbuatan buruk yang akan ada; kedua, bersifat kuratif, penanganan, penyelesaian, yakni selalu bertaubat jika telah melakukan perbuatan maksiat. Tentu yang pertama yang terbaik. Dan resep ampuh untuk menghindar dari maksiat yang disajikan di depan mata adalah istighfar, istighfar dan istighfar secara sungguhan, lahir dan batin. Sedangkan yang kedua memang langkah lumayan, tapi ada resiko. Dikhawatirkan Tuhan tidak menerima tobat kita karena berbagai pertimbangan, antara lain : Pertama, kita sering banget melakukan perbuatan maksiat dan sering pula bertobat. Cuma gaya tobatnya kurang totalitas, sehingga kayak main-main dan menyepelekan. Orang yang bertobat macam begini ini, kaum sufi menamainya dengan sebutan “al-mustahzi’”, mempermainkan Tuhan. Seperti lagak orang munafik yang mengaku beriman ketika bergaul dengan orangorang mukmin, tapi mencibir ketika lepas dan bergaul dengan teman-temannya sesama kafir.

 Bersambung ke Hal. 11

Ribuan massa tediri dari PSK, mucikari, dan warga saat menggelar aksi unjukrasa menolak penutupan Lokalisasi Dolly.

 Bersambung ke Hal. 11

PKB Optimis Jokowi-JK Menangi Pilpres

Kerahkan Kiai Kampung Sidang di Mahkamah Konstitusi kemarin.

MK Tak Sidangkan Lagi Pemilukada Jakarta-HARIAN BANGSA Mahkamah Konstitusi (MK) menghapus kewenangannya sendiri dalam menyidangkan sengketa pemilukada. Pasal 236 C Undang Undang (UU) No. 12 Tahun 2008 tentang Pemerintahan Daerah (Pemda) dan Pasal 29 ayat 1 huruf e UU No. 48 Tahun 2009 dianggap inkonstitusional. “Menyatakan, mengabulkan permohonan pemohon untuk seluruhnya,” kata Ketua Majel is Hakim MK Hamdan Zoelva dalam persidangan di gedung MK, Senin (19/5).

 Bersambung ke Hal. 11

Ingatkan Visi Misi Kebangsaan Capres Jakarta-HARIAN BANGSA Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengingatkan para Calon Presiden (Capres) untuk tidak melupakan visi misi kebangsaan yang diusungnya, di tengah upaya mencari pasangan dalam koalisi. “Beberapa hari belakangan yang dipertontonkan hanya berpasangan dengan siapa dan dapat apa. Itu pendidikan politik yang tidak baik untuk masyarakat,” kata Ketua Umum PBKH Said Aqil Siroj NU KH Said Aqil Siroj di Jakarta, Senin (19/4/2014). Kiai Said mengingatkan kembali visi misi kebangsaan yang d iusung masing-masing Capres, yang dinilai lebih penting untuk terus dipertontonkan kepada calon pemilih. "Jangan sampai masyarakat yang sebelumnya bersimpati berbalik arah,” tandas Kiai Said. Ditanya kemungkinan peringatan yang diberikan PBNU menyentil Capres tertentu, Kiai Said dengan tegas membantah.

Muhaimin Iskandar dan Abdul Kadir Karding

Jakarta-HARIAN BANGSA Partai Kebangkitan Bangsa optimistis pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla bisa memenangi Pemilu Presiden 2014, karena mewakili konfigurasi pemilih di Indonesia. "Kami optimis menang pemilu karena pasangan ini mewakili nasionalis dan agama," kata Ketua DPP PKB Abdul Kad ir Kard ing dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin. Menurut dia, partai koalisi pengusung Jokowi-JK tidak boleh lengah dengan elektabilitas pasangan Jokowi-JK yang sudah mumpuni. Pasangan capres dan cawapres Jokowi-JK sudah mendaftar ke KPU untuk mengikuti Pilpres 2014-2019. Jokowi-JK didukung koalisi parpol PDIP, PKB, Nasdem, dan Hanura. PKB, ujar Karding, akan mengoptimalkan kinerja kader mulai dari jajaran struktur DPP, caleg, hingga pengurus anak ranting. "Elektabilitas dan popularitas

Jokowi-JK mesti terus digenjot," katanya. Dia mengatakan PKB juga akan mengoptimalkan suara dengan menggandeng kalangan kiai "kampung". Karena menurut dia, secara hitungan matematis, setidaknya ada 300 ribu kiai "kampung" yang menjadi simpatisan PKB. "Kiai-kiai 'kampung' ini memiliki pengaruh di kelompoknya masing-masing," ujarnya. Karding menjelaskan PKB akan fokus menggarap suara pemilih di wilayah yang selama ini menjadi basis Nahd latul Ulama (NU) seperti Yogyakarta, Kalimantan Selatan, Lampung, dan Pulau Jawa. Ia menyakini kalangan nahd l iyin akan memberi dukungan bulat bagi pasangan Jokowi-JK. Ia juga mengatakan, pemilu kali ini kemungkinan besar dalam satu putaran, sehingga memberi sejumlah keuntungan bagi rakyat.

 Bersambung ke Hal. 11

Lagi, Malaysia Serobot NKRI Jakarta-HARIAN BANGSA Untuk kali kesekian, Negara tetangga Malaysia kembal i berulah. Malaysia berani mendirikan bangunan di wilayah yang masih status quo, tepatnya di Camar Bulan dan Tanjung Datu di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Wilayah status quo itu berarti Malaysia dan Indonesia tidak boleh banyak melakukan aktivitas di wilayah itu, apalagi mendirikan bangunan. "Jadi wilayah itu masih abu-abu, kita mengakui itu wilayah kita, Malaysia juga mengakui itu wilayahnya," kata Kapuspen TNI Mayjen Fuad Basya yang dihubungi, Senin (19/5). Karena wilayah Camar Bulan dan Tanjung Datu yang terkenal akan potensi wisata itu masih sengketa antara Indonesia dan Malyasia, Mabes TNI sudah meminta Kementerian Luar Negeri yang berwenang menyelesaikan masalah secara diplomatik untuk membuat protes kepada pemerintah Malaysia. "Kita sudah minta Deplu untuk membuat nota protes, karena wilayah inikan masih sengketa jadi kita tidak boleh membangun, mereka juga tidak boleh," ujarnya. Deputi VII Kemenko Pol hukam Marsekal Muda Agus Barnas menyatakan, berdasarkan hasil laporan Kasi Intel TNI AU, Malaysia sudah mendirikan tiga bangun di wilayah Tanjung Datu itu. Agus menyebut bangunan itu berdiri kurang lebih 700 meter dari pos milik TNI AU. "Ada patok 700 meter dari pos TNI, tapi masih di

Sudah Putus

Patok Camar Bulan yang selama ini wilayah tersebut jadi sengketa Indonesia dan Malaysia. wilayah Malaysia, tidakmasuk kewilayah kita, ada tiga tiang, untuk mercusuar sebagai alat navigasi laut, katanya. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Michael Tenne, mengatakan pihaknya masih memastikan apakah pembangunan mercusuar ini telah melanggar perbatasan negara dan masuk wilayah Indonesia.

 Bersambung ke Hal. 11

BINTANG sinetron Nikita Wil ly d ikabarkan telah putus dari kekasihnya yang juga pemain sepakbola, Diego Michiels. Nikita mengakui kabar ini meskipun tak mau berkomentar banyak. Nikita Willy sebelumnya membantah kabar tak sedap ini. “Memang sudah sekitar satu bulan lalu sudah nggak bersama-sama. Cuma memang kalau misalkan ditanya, dari kemarin aku masih bilang baik–baik saja,” jelas Nikita kemarin (19/5/2014).

 Bersambung ke Hal. 11

Nikita Willy

 Bersambung ke Hal. 11

Awas Mainan Anak Asal Tiongkok

Kandungan Bahan Bakunya Berbahaya bagi Kesehatan

Anak Kambing UDIN baru saja lulus aliyah pesantren dengan nilai jayyid jiddan (lumayan pintar). Dia pun sowan ke pengasuh untuk pulang kampung. Saat perjalanan menuju terminal Tirtonadi Solo, tiba-tiba ada kerumunan orang. Rupanya sedang ada kecelakaan, maka Udin pun memutuskan untuk ikut menonton. Berhubung kerumunan itu terlalu berjubel, sehingga Udin yang bertubuh kecil tidak bisa mendekat dan melihat korban.

 Bersambung ke Hal. 11

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan produk mainan asal Tiongkok yang masuk ke Indonesia mengandung bahan baku yang dapat merusak kesehatan dan bisa menyebabkan kanker bagi anak-anak.

Mainan anak asal Tiongkok perlu diwaspadai. Karena bisa membahayakan kesehatan.

HAL itu mengingat bahan baku yang digunakan tidak sesuai standar nasional Indonesia (SNI). Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian pada awal Mei 2014 telah mewajibkan SNI untuk mainan anak.

Aturan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 24/Ind/PER/4/ 2013 tentang Pemberlakukan Standar Nasional Indonesia (SNI) Mainan Anak. Kasubdit Alas Kaki Kulit dan Aneka Kementerian Perindustrian Richard mengatakan, penerapan wajib SNI bagi mainan anak ini dilakukan agar anak-anak terhindar dari bahan baku yang berbahaya atau yang mengandung zat kimia jahat.

 Bersambung ke Hal. 11


HARIAN BANGSA SELASA, 20 MEI 2014

2

Tanpa Pengacara, Tahanan yang Pernah Kabur Divonis 12 Tahun Pengacara: Padahal Sudah Saya Siapkan Pledoi Achmad Basuki, Kabid UKM Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jatim

Genjot Teruuuuuus........ PADATNYA kegiatan juga berarti banyak energi yang dikeluarkan. Namun, inti tak membuat Achmad Basuki merasa stress. Kok bisa sih? Meskipun benaknya dipenuhi berbagai macam program dan tuntutan untuk meningkatkan kinerja para pelaku UKM yang dibinanya, Kabid UKM Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jatim ini selalu bersemangat dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Lagi-lagi, kok bisa sih? "Kuncinya, sing penting genjooooot teruuuuussss," kata dia. Apanya yang digenjot, pak? ”Dengan melakukan gowes setiap minggu, saya merasa Achmad Basuki sehat. dan Alhamdulillah, saya hampir tidak pernah sakit. Saya gowes sejauh 40 km setiap minggu. Olah raga gowes ini disamping membuat badan sehat, bisa juga menjaga stamina dan menjaga berat badan agar tetap stabil,” ulas dia sambil tersenyum. Oh gitu toh Pak....(yul/ros)

Pemagangan Siswa SMA/ SMK ke Tianjin Gagal SURABAYA - Rencana pemagangan kerja siswa SMA/SMK Jatim ke Kota Tianjin China gagal dilaksanakan. Sumber di Dinas Pendidikan Jatim mengatakan, rencana penandatanganan Letter of Intent (LoI) pemagangan pelajar SMA/SMK dengan Pemerintah Tianjin tidak jadi. Padahal, sebagaimana rencana, harusnya ada 1.000 siswa SMa/SMK di Jatim yang bisa ikut pemagangan ke Tianjin untuk kurun waktu 2015-2019. "Harusnya pekan kemarin pihak Dinas Pendidikan Jatim berangkat ke Tianjin. Tapi kok tidak jadi, batal. Tidak jadi berangkat," kata sumber yang mewanti namanya tidak mau disebut. Menurutnya, banyak pihak di dinas pendidikan kecewa atas kegagalan penandatanganan LoI tersebut. Padahal sosialisasi ke SMA/SMK ke 38 kabupaten-kota sudah dilakukan. Bahkan sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Harun telah menerima kunjungan Senior Adviser Tianjin, Jasper Ho. "Bahkan Pak Harun ketika itu menyambut gembira, menjanjikan berangkat ke Tianjin untuk menandatangani LoI. Harapan besar sudah dirancang bisa mempekerjakan lulusan SMA/SMK di perusahaan penanaman modal asing (PMA) Tianjin di Jatim. (nis/ros)

Dr Nalini Muchdi bersama artis-artis dalam workshop Antisipasi dan Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak. Foto :

Surabaya – HARIAN BANGSA Agung Prasetyo kena batunya. Terdakwa perkara narkoba yang sempat membuat pening Kejari Tanjung Perak Surabaya karena kabur saat hendak dibawa dari Rutan Kelas I Surabaya di Medaeng ke PN Surabaya itu menerima vonis berat, Senin (19/5). Oleh Majelis Hakim yang diketuai Ekowati ia divonis 12 tahun penjara plus denda Rp 1 miliar subsidair dua bulan kurungan. Vonis ini sama alias conform dengan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU). Hakim memvonis seberat itu dengan beberapa pertimbangan memberatkan, salah satunya karena ia kabur jelang tuntutan. ”Yang meringankan terdakwa berterus terang,” kata hakim Ekowati. Agung memilih pikir-pikir atas vonis tersebut. Vonis dibacakan hakim tanpa kehadiran Arifin, pengacara terdakwa yang ditunjuk pengadilan (prodeo). ”Bagaimana, apakah vonis mau dibacakan tanpa kehadiran pengacara?” tanya hakim Ekowati. Terdakwa Agung mengiyakan dengan anggukan kepala. Sebelum vonis dibacakan,

Borgol yang membelit tangan Agung Prasetyo akan dibuka oleh petugas Kejaksaan Negeri. Foto:nur faishal/HARIAN BANGSA

hakim juga bertanya perihal terdakwa memutuskan diri untuk kabur dua minggu lalu. Dengan terbata-bata Agung menjawab bahwa dirinya kabur karena takut ditagih utang di dalam rutan. Informasi beredar, ia memiliki utang bisnis narkoba.

Ia juga mengaku sebenarnya tidak berniat untuk kabur. Saat ia dikeluarkan dari dalam rutan dan masuk ke dalam bus tahanan, ia mengaku keluar lagi untuk kencing ke kamar mandi di sebuah toilet di halaman luar rutan. ”Saya hanya kencing di

dalam kamar mand i,” kata Agung. ”Setelah kencing, bus tahanan sudah berangkat. ”Saya ditinggal,” ujarnya. Majelis hakim tersenyum mendengar pengakuan itu dengan mimik tidak percaya. Sementara itu, ditemui di

ruang sidang Tirta pengacara terdakwa, Arifin, terlihat kaget ketika ditanya wartawan alasan tidak hadir di sidang terdakwa Agung. Saat Agung disidang, ia mengaku tengah mendampingi kliennya dalam perkara lain. Ia mengaku tidak tahu kalau Agung sudah divonis. ”Tapi sudah diputus?” tanya dia. Arifin mengatakan, sebenarnya dia sudah menyiapkan pledoi (nota pembelaan) Agung di sidang kemarin. Ia lantas menunjukkan berkas nota pembelaan kliennya kepada wartawan. ”Saya mintakan kl ien saya hukuman ringan,” tandasnya. Alasannya, lanjut dia, anak kedua Agung yang masih berumur 1 tahun menderita penyakit bocor paru-paru. Agung Prasetya ramai dibertakan dua mingguan ini karena kabur saat proses dibawa dari Rutan Medaeng ke PN Surabaya. Ia berhasil mengecoh empat petugas Kejari Tanjung Perak Surabaya dan empat polisi bersenjata yang mengawal. Setelah perkara yang divonis kemarin, ia juga akan menjalani sidang perkara narkobanya yang lain. (sal/ros)

Seleksi KPU Disinyalir Banyak Orang Titipan Surabaya-HARIAN BANGSA Seleksi calon anggota KPU Kota Surabaya saat ini sudah mendekati tahap akhir. Dari ratusan orang yang mendaftar, mengerucut menjadi 78 lalu 20 nama dan kini sudah tersisa 10 besar. Selanjutnya, 10 besar ini akan disetorkan ke KPU Jatim untuk dilakukan fit and proper test sehingga menghasilkan 5 nama untuk menjadi komisioner dan 5 nama untuk cadangan. Ke-10 nama yang masuk itu adalah Robiyan Arifin dan Agus Widodo (incumbent), Nur Samsi, Syamsul Anam, Eka Rahmawati, Bakron Had i, S Rofiatun, Nurul Amalia, Muhammad Cholid dan Mifthakul Gufron. Bahkan dari

10 nama itu, sudah beredar broadcast melalui BBM terkait 5 nama yang unggul. Diduga, nama-nama yang unggul itu adalah orang-orang titipan atau orangorang yang sudah mendapat rekomendasi dari berbagai pihak yang ingin ‘menguasai’ jaringan KPU. Lima nama yang beredar dan dijagokan karena dukungannya adalah Robiyan Arifin, Nur Samsi, Bakron Hadi, Nurul Amalia dan Muhammad Cholid. Robiyan Arifin merupakan incumbent dan mengantongi rekomendasi dari organisasi kemahasiswaan yang berafil iasi dengan salah satu organisasi keagamaan besar. Nama lain, ada Nur Samsi yang

merupakan orang titipan dari salah satu anggota KPU Jatim, dan merupakan teman satu kos sejak masa kuliahnya. Bahkan nama Nur Samsi ini, karena kedekatan persahabatan ini, mampu mengalahkan salah satu calon yang justru telah mendapat rekomendasi dari pengurus daerah organisasi keagamaan di Surabaya. Sehingga orang titipan dari organisasi itu pun tak lolos. Ada juga Bakron Hadi yang merupakan titipan organisasi keagamaan terbesar melalui organisasi kemahasiswaan kepada salah satu anggota KPU Jatim. Dengan adanya titipan-titipan seperti ini, membuat banyak pihak menilai jika

rekrutmen itu kurang fair. Artinya, beberapa tahapan yang dijalankan Tim Seleksi calon anggota KPU, hanya formalitas saja. Sebab sudah banyak pihak yang mampu memprediksikan siapa saja yang bakal lolos, walau belum muncul 10 nama ini. Apalagi KPU Jatim juga sangat memil iki peran untuk meloloskan orang-orang ini. “Sudah bukan barang baru, kalau orang-orang yang duduk di KPU itu adalah orang-orang titipan. Mau fair bagaimana, wong penyelenggaranya saja orang titipan? Lantas bagaimana dengan hasil Pemilu yang diselenggarakan?” ujar Edy Firmansyah, salah satu pengamat politik di Surabaya. (lan/ros)

nisa/HARIAN BANGSA

Pencegahan Kekerasaan kepada Anak Diworkshopkan SURABAYA-Sebanyak 300 orangtua murid, praktisi pendidikan dan pemerhati anak melakukan kampanye dan workshop Antisipasi dan Pencegahan Kekerasan terhadap Anak. Mereka diberikan wawasan baru untuk melakukan antisipasi kekerasan terhadap anak dari nara sumber Humas Polrestabes Surabaya Komisaris Polisi Suparti, psikiater tumbuh kembang anak ternama Surabaya Dr Nalini Muhdi SpKJ, dan Corporate Communications ANTV Zoraya Perucha GM. Sejumlah artis juga turut memeriahkan workshop yang merupakan CSR PT Cakrawala Andalas Televisi (ANTV) ini, seperti Julia Peres, Shahnaz, dan lain-lain. Dr Nalini Muchdi narasumber workshop parenting ANTV dari RSUD Dr Soetomo yang juga merupakan Ketua Tim Pusat Krisis Terpadu Korban Kekerasan pada Perempuan dan Anak (PKTKKPA) menjelaskan, dari hasil statistik 75% pelaku kekerasan seksual terhadap anak adalah dari kalangan keluarga sendiri atau orang yang dikenal. “Jika seorang anak mulai menunjukkan perubahan perilaku yang mendadak saat bersekolah, kesul itan menerima pelajaran, serta ketakutan berlebihan terhadap sesuatu, maka orang tua patut curiga,” ujar Nalini, dalam workhop CSR hasil kerjasama dengan Polrestabes Surabaya. Dr Nalini mengatakan, pencegahan dan antisipasi tindak kekerasan terhadap anak yang belakangan mencuat menjadi perhatian bersama dari pemerintah, aparat berwenang, pendidik, pemerhati tumbuh kembang anak, para orangtua dan media massa. (nis/ros)

Paradiso Tak Berizin Hiburan SURABAYA - Komisi A DPRD Surabaya memanggil manajemen Paradiso, salah satu tempat karaoke, yang diduga tidak mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Dalam dengar pendapat, Senior Manager King Group, Dwi Heri Mustika membantah pihaknya tidak mempunyai IMB. Dia mengakui pihaknya sudah mempunyai ijin tersebut beberapa tahun yang lalu bahkan Ijin Gangguan (HO), kepada Pemerintah Kota (pemkot). Ia tidak tahu alasanya kenapa dipanggil ke komisi A untuk menjelaskan bahwa karaoke paradiso tidak mempunyai IMB. "Memang kalau untuk ijin hiburan ke Dinas Pariwisata kami memang belum punya, dan kami masih dalam proses mengurus. Tapi anehnya, kenapa kok di dalam undangan yang saya terima dari DPRD tertulis bahwa karaoke paradiso tidak punya ijin mendirikan bangunan. Dan alamat nomor yang ditujukan aja salah, padahal nomor tempat kami 268, di undangan tertulis 168.”(lan/ros)

Pemimpin Umum: M Mas’ud Adnan Pemimpin Redaksi: Abdurrahman Ubaidah Wakil Pemimpin Redaksi: Nur Syaifudin Redaktur Pelaksana: Maulana, Musta’in Redaktur: Nur Syaifudin, Rosihan Choirul Anwar, Nur Faishal, M. Shofi’i

Soal Rusaknya Taman Bungkul, Unilever Gerojok Rp 1,2 M

Dewan Pertanyakan Sikap Lunak Risma Surabaya-HARIAN BANGSA Rencana Pemkot Surabaya mencabut gugatan di Polrestabes Surabaya terkait perusakan taman saat acara Wal l's Ice Cream Day, direaksi kalangan anggota DPRD Surabaya. Beredar kabar, sikap Pemkot Surabaya luluh lantaran PT Unilever Tbk selaku penanggungjawab acara siap menggelontorkan ganti rugi sebesar Rp 1,2 miliar. Komisi C DPRD Surabaya menilai, ada yang disembunyikan dari sikap yang semula keras kemudian berubah menjadi lembek. Dewan meminta Pem-

kot Surabaya bersikap transparan dengan kronologis kejadiannya karena menyangkut harga diri seorang wali kota dan nama baik Kota Surabaya. Bahkan, pernyataan Wal i Kota Surabaya Tri Rismaharini berubah lunak tidak garang seperti pada saat kejadian rusaknya taman di kawasan Taman Bungkul. Risma akan mencabut gugatannya merasa kasihan dengan PT Unilever yang menjadi korban percobaan pemerasan sejumlah oknum yang mengatasnamakan Pemkot Surabaya.

Anggota Komisi C, Adi Sutarwiyono mempertanyakan kebenaran soal sejumlah kepala SKPD yang dimintai patungan secara pribadi untuk perbaikan tanaman yang rusak akibat acara walls day PT Unilever, karena dianggap tidak mengacu kepada aturan apapun. “Saya hanya ingin tau kebenaran soal statement bu Risma yang meminta dana patungan senilai Rp 25 juta dari beberapa kepala SKPD untuk partisipasi perbaikan tanaman yang rusak, kalau benar, ini merupakan yang pertama terjadi karena

dasar hukumnya tidak jelas jika dikaitkan dengan pengelolaan pemerintahan daerah, dan lagi, duit darimana yang akan anda berikan, lha wong sudah diganti kok masih minta lagi ke anda,” ucapnya, kepada sejumlah Kepala SKPD yang hadir dalam hearing, kemarin (19/5). Permintaan dana patungan di benarkan oleh Ir Musdiq Ali Suhudi, MT Kepala Badan Lingkungan Hidup. Namun spontan dibantah dan diklarifikasi Edi, Kadishub yang duduk disebelahnya bahwa d irinya dan sejumlah kepala SKPD lain tidak

pernah merasa diminta apalagi menyerahkan dana Rp 25 juta untuk patungan perbaikan tanaman yang rusak akibat acara ini. “Kami tidak pernah merasa mendapat perintah itu dan tidak melakukan hal itu, tolong hal itu tidak lagi menjadi pokok bahasan diruang rapat kali ini, karena kami khawatir akan menjadi bahan baru dipemberitaan media masa, lebih bahik hal itu di kupas di pertemuan berikutnya setelah semuanya kepala SKPD dan bagian hukum hadir,” sahut Edi. (lan/ros)

Siswa SD Kerjakan US di Rutan Medaeng Surabaya – HARIAN BANGSA Berada di dalam Rutan Kelas I Surabaya di Medaeng, Sidoarjo, tak menyurutkan tekad RF (13) untuk mengikuti Ujian Sekolah (US). Kendati penuh keterbatasan dan tanpa berada di kelas normal, siswa yang ditahan karena terbelit kasus pencurian dengan pemberatan ini, kemarin (19/5) tetap antusias mengikuti US. Kepala Rutan Medaeng Kadiyono membenarkan adanya siswa SD kelas VI yang menjadi warga binaannya mengikuti US di rutan. Ia menjelaskan, siswa tersebut berinisial RF. ”Ia ditahan karena kasus pencurian yang dilakukannya,” katanya

dihubungi wartawan. Kadiyono mengatakan, pihaknya memfasilitasi RF bahkan sebelum US dilaksanakan. Beberapa buku diberikan orang tuanya yang diserahkan melalui petugas rutan. “Kami memberikan kesempatan belajar pada Rizal untuk mempersiapkan dirinya saat menghadapi UN,” ungkapnya. Teguh Hartaya, humas Rutan Medaeng, menambahkan, pihaknya memberikan fasilitas tempat khusus bagi RF untuk belajar sebelum pelaksanaan US. Itu agar RF bisa tenang dalam menghadapi ujian. ”Ujiannya tidak dijaga ketat,” ujarnya. Saat pelaksa-

Staf Redaksi: Rochmatun Nisa, Rusmiyanto, M. Didi Rosadi Dewan Redaksi: H Abdul Wahid Asa, M Mas’ud Adnan, Abdurrahman Ubaidah Koordinator Liputan: Rosihan Choirul Anwar Sidoarjo: Daryanto Mojokerto: Ahmad Gunadi, Rochmad Saiful Aris, Yudi Eko Purnomo Jombang: Adi Susanto Gresik: M Syuhud Almanfaluty Lamongan: Haris Sugianto, Azharil Farih Tuban : Suwandi Bojonegoro: Nur Hadi Sampang: Ahmad Bahri Pamekasan: Rizal Pasuruan: Bambang Darma Widjatmoko, Sulistyawan Bondowoso: Sugiyanto Situbondo: Hadi Prayitno Jember: Yudhi Indrawan Probolinggo: Andi Sirajuddin Lumajang: Imron Ghozali Blitar: Try Susanto Kediri: Arif Kurniawan Nganjuk: Bambang DJ Madiun: S Setyawan Dhani Magetan: Nanang Ari Purnomo Tulungagung: Agus Dwi Cahyono Iklan: Yuni, Kemal Rizal, Doni Sujito Pemasaran/Sirkulasi: Kemal Rizal, Nur Ali Pracetak: M Dikman (Kepala), Althof, Haksni, Aulia Rachman, Robby Yanto.

RF mengerjakan Ujian Sekolah di Rutan Medaeng.

Foto:nur faishal/

HARIAN BANGSA

naan US kemarin, petugas rutan dibantu pengawas dari Dispen-

dik dan pihak sekolah. Hartaya menambahkan, pi-

hak rutan akan tetap mendukung warga binaannya dalam menyelesaikan pendidikannya, walaupun terkendala oleh statusnya sebagai tahanan. “Walaupun statusnya menjadi tahanan Rutan Medaeng, namun kewajibannya sebagai pelajar harus dipenuhi. Salah satunya yakni mempersilahkan RF untuk mengikuti US,” tandasnya. RF ditahan dan menjadi tersangka kasus pencurian laptop. Siswa yang masih duduk dikelas VI sebuah sekolah dasar ini, dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Ia dipidana penjara selama satu bulan 21 hari. (sal/ros)

Komisaris: Ali Maschan Moesa, Masyhudi Muhtar, H Muid Direktur Utama: Juniarno D Purwanto Direktur: M Mas’ud Adnan, H Abdul Wahid Asa. Pemimpin Perusahaan: M Dikman Alamat Redaksi/Pemasaran/Iklan: Gedung Jawa Pos lantai 3 Jl Karah Agung 45 Surabaya, Telp: (031) 8271624, 8270961, 8271667, Fax: 031 8270967, Website: www.bangsaonline.com Email:bangsa2000@yahoo.com, harianbangsa@gmail.com Tarif Iklan: Display colour Rp. 45.000/mmk, Display BW: Rp. 25.000/mmk, Iklan spot 2 warna: Rp. 35.000/mmk, Sosial/Duka Cita: Rp. 10.000/mmk, Iklan Baris Rp. 10.000/baris Harga Langganan: Rp. 80.000/bulan, Harga Eceran (Pulau Jawa): Rp. 3.500/eks. Luar Jawa: plus ongkos kirim. Perwakilan Jakarta: Jl. Kebayoran Lama 12 Jakarta Selatan. Percetakan: PT Temprina Jawa Pos . No. Rekening: BRI 041201000321308 a/n PT DUTA BANGSA INTERMEDIA PERS.


3

HARIAN BANGSA

SELASA, 20 MEI 2014

Program Kerja Disperindag Kabupaten Blitar

Dorong Peningkatan Produksi Jajanan Khas Blitar Blitar-HARIAN BANGSA Beragam makanan atau jajanan asli Kabupaten Blitar merupakan potensi ekonomi yang harus d ikembangkan secara berkesinambungan. Disamping itu, produk jajanan juga salah satu produk unggulan tersebut, sudah sepatutnya ditingkatkan sebagai ciri khas Kabupaten Blitar. Menyadari akan potensi ekonomi kerakyatan yang bisa dimaksimal kan, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Blitar secara intens melakukan pembinaan, pelatihan serta memberikan bantuan modal dan peralatan secara langsung kepada para pengerajin ma-

kanan dan jajanan khas Blitar. Menurut Bupati Blitar, Herry Noegroho, bahwa, pihaknya berharap aneka ragam makanan dan jajanan khas tersebut tetap dipertahankan sebagai ciri khas Kabupaten Blitar. Sebab, aneka produk jajanan khas tersebut menjadi kebanggaan Kabupaten Blitar. "Hampir semua makanan dan jajanan khas Kabupaten Blitar, sejak saya kecil hingga saat ini, masih bertahan dan tetap diproduksi dengan hasil dan kual itas yang sama. Maka, wajib kita pertahankan sebagai produk unggulan di Kabupaten Bl itar. Supaya sampai anak cucu kita nantinya, masih bisa mengenal dan mengetahui apa saja jajanan tradisional yang me-

Bupati Blitar, Herry Noegroho bersama istri, Ny Era Herry Noegroho menunjukkan makanan dan jajanan khas Kabupaten Blitar. (Foto:tri susanto/HARIAN BANGSA) rupakan ciri khas Kabupaten Blitar," katanya dengan penuh semangat, kemarin.

Beberapa makanan dan jajanan khas Kabupaten Blitar, diantaranya Wajik Kletik, Geti,

Enting-Enting, Opak Gambir, Peyek, Madu Mongso, Sambel Pecel dan Jenang Ketan yang cukup banyak diproduksi oleh industri rumah tangga. Sementara itu, Kepala Disperindag Kabupaten Blitar Drs Molan menambahkan, bahwa, pihaknya seringkali melakukan pembinaan dengan memberikan pelatihan untuk pemula serta peningkatan ketrampilan hingga memberikan bantuan permodalan berupa bantuan alat usaha. Hal tersebut dilakukan sebagai pembinaan serta mengembangkan usaha makanan dan jajanan di Kabupaten Blitar. "Pembinaan yang selama ini kami lakukan berupa peningkatan kapasitas dengan menggelar pelatihan dan bantuan

peralatan sebagai modal usaha untuk membuat makanan dan jajanan khas Kabupaten Blitar,"tandasnya. Molan juga tetap berharap kepada para industri makanan dan jajanan khas Kabupaten Blitar untuk tetap mempertahankan kualitasnya. Mulai dari pemilihan bahan baku yang dipergunakan hingga masa berlaku agar jangan sampai menimbulkan persoalan. "Kami seringkali mengingatkan kepada produsen dan penjual untuk selalu melihat masa kadaluarsanya. Hal ini kami lakukan melalui sidak dan pemeriksaan langsung di lapangan untuk melindungi konsumen. Apalagi jajanan khas Bl itar ini, biasanya d iperuntukan sebagai oleh-oleh

para wisatawan yang datang ke Blitar," jelasnya. Perlu diketahui beberapa produk unggulan di Kabupaten Blitar yang sudah cukup dikenal baik di tingkat daerah, regional, nasional maupun internasional yang menjadi andalan Pemerintah Kabupaten Blitar diantaranya kerajinan tempurung (batok) kelapa, sambel pecel, bubut kayu, gula kelapa, gerabah seni, keripik buah, batik tulis, senapan angin, aneka mainan anak, roti kering, makanan khas, enteng-enteng kacang, garmen, mebeler dan berbagai produk unggulan lainnya. Berbagai produk tersebut telah diterima baik di pasar lokal, nasional dan manca negara. (tri susanto/adv/sho)

Warga Blokir Pabrik Pencemar Lingkungan

Warga Desa Keboan Anom Kecamatan Gedangan memblokir pabrik PT Pakarti Riken Indonesia (Parin) Gedangan yang dituding mencemari lingkungan, kemarin. foto : Mustain/HARIAN BANGSA Sidoarjo-HARIAN BANGSA Ratusan warga mulai RT 01 sampai RT 05 RW 06 Desa Keboan Anom Kecamatan Gedangan tumplek blek memblokir pabrik PT Pakarti Riken Indonesia (Parin) Gedangan, Senin (19/5) kemarin. Pasalnya, aktifitas pabrik spare part mobil tersebut mencemari lingkungan. Untuk itu, mereka menuntut agar pihak perusahaan memperhatikan lingkungan sekitarnya. Menurut Ketua 2 Panitia Penanggulangan Lingkungan Dusun Joho Desa Keboan Anom Gedangan, Bagus menjelaskan, bahwa, warga tidak menuntut yang aneh-aneh yakni mereka minta disediakan air bersih. Sebab, sumber air tercemar oleh limbah perusahaan sehingga tidak layak dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari. "Kami minta disediakan air bersih untuk mencukupi kehidupan sehari-hari. Selama ini, warga mendapatkan air bersih dari kantongnya sendiri-sendiri. Padahal air kotor itu, imbas l imbah pabrik,"ujarnya dengan nada berapi-api. Sebenarnya, sambung bagus, sudah pernah ada perte-

muan antara warga dengan pihak perusahaan. Namun, pihak perusahaan hanya janjijanji saja sejak tahun 1993 silam sampai saat ini. "Bertahun-tahun warga bergelut dengan limbah perusahaan,"keluhnya. Warga bertekad akan bertahan dan memblokir pintu gerbang pabrik sampai tuntutannya dikabulkan. Untuk itu, mereka mendirikan tenda sebagai tempat berteduh. Selain itu, akses masuk para karyawan juga akan diblokir jika perusahaan tetap tak menghiraukan

PENGUMUMAN LELANG KEDUA EKSEKUSI HAK TANGGUNGAN Berdasarkan Pasal 6 UUHT No. 4 Tahun 1996, PT. Bank Commonwealth akan melakukan Lelang Eksekusi Hak Tanggungan dengan perantaraan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Sidoarjo, melalui jasa pra lelang PT. Balai Lelang Star terhadap Debitur : Fanny Ernestien Pattinama berupa sebidang tanah seluas 148 m² berikut bangunan beserta segala sesuatu yang melekat diatasnya yang terletak di Desa Ketajen, Kec. Gedangan, Kab. Sidoarjo, sesuai dengan SHM No. 607 a.n Nyonya Fanny Ernestien Pattinama (Limit : Rp 450.000.000,- ; Jaminan Rp 200.000.000,-). Pelaksanaan Lelang : Selasa 3 Juni 2014 pk. 13.00 WIB – Selesai. Tempat : KPKNL Sidoarjo, Jl. Erlangga Nomor 161 Sidoarjo. Syarat-syarat lelang : 1 . Peserta lelang wajib menyetor Uang jaminan ke Rekening Penampungan Lelang KPKNL Sidoarjo pada PT. Bank Mandiri (Persero) cabang Pahlawan Sidoarjo No. A/C 142.000.203.2539 yang sudah efektif selambat-lambatnya 1 (satu) hari kerja sebelum pelaksanaan lelang, bukti setor asli dibawa waktu lelang dan uang jaminan harus sama dengan yang tercantum pada pengumuman lelang, jika peserta lelang ditunjuk sebagai pemenang uang jaminan diperhitungkan sebagai pembayaran lelang, jika tidak menang akan dikembalikan tanpa potongan 2 . Pemenang lelang diwajibkan membayar pelunasan harga lelang dalam waktu 5 (lima) hari kerja setelah ditunjuk sebagai pemenang lelang. Apabila pemenang lelang tidak melunasi kewajibannya, maka dinyatakan wanprestasi dan uang jaminan disetorkan ke kas Negara sebagai pendapatan jasa lainnya serta peserta lelang akan dimasukkan ke dalam DAFTAR HITAM LELANG. 3 . Peserta lelang harus memiliki NPWP dan diwajibkan melihat, mengetahui dan menyetujui aspek legal dari obyek yang dilelang sesuai apa adanya (kondisi as is).Penawaran Lelang Secara Lisan. Jika peserta lelang diwakilkan harus membawa surat kuasa asli notariil dan satu pemberi kuasa berlaku untuk satu penerima kuasa. Syarat-syarat lainnya ditentukan sebelum pelaksanaan lelang. Keterangan lebih lanjut hubungi PT. Balai Lelang Star Hotline (031) 71320939, 081259488680, (021) 8313728, 08121977770. PT. BALAI LELANG STAR

PT. BANK COMMONWEALTH

RUPA-RUPA AHLI GIGI

RUPA-RUPA

“GIGI LANGSUNG JADI” Awet, Enak Dipakai Seindah Aslinya. Hub. 0318012259, 085646037676 Minggu, Hari Libur Buka !!! hw*26/4-28/5/14

RUPA-RUPA

MAKANAN CATERING SHOEBRINA Menerima Pesanan Nasi Kotak, Bungkus, Tumpeng, dll. utk Sekolah, Kantor & Rumah dgn Berbagai Macam Variasi Menu. Bersih & Halal. Hub: Pumpungan IV/30 Sby Telp. 031-5990811, 77483050

MINUMAN

hw*3/5-4/6/14

DICARI BARANG-BARANG BEKAS, AC, Besi, Hafalan Kantor, Renovasi Rumah, dll. Hub: 031-33101445 hw*16/5-16/6/14

up*29/4-1/6/14

SEDIA BIBIT GAHARU Tinggi 1m Hub: 082142873539, 031-31340689

OLAHRAGA

hw*14/5-15/6/14

JUAL / BELI Alat Fitnes Baru / Second Murah Hub: Kutisari Indah Barat Gang 3 No.21 Telp. 031-70761321, 71574200 Pucang Anom No.8 Telp. 031-33019867

up*30/4-2/6/14

up*20/3-20/4/14

JUAL ANYAMAN WEBBING ROTAN Spesialis Anyaman Antik Harga: Webbing Clos 3mm 38.000/m2, Webbing Clos Sendit 3mm 61.000/m2, Webbing Clos FOC 3mm 41.000/m2, Webbing Square 2,5mm 35.500/ m2, Webbing Open 2,5mm 60.000/m2, Anyaman 33 2,5mm 66.000/m2 Hub. Pak Yanto Telp. 031-70950008, 081332208448

hw*16/5-16/6/14

MAKANAN hw*13/4-14/5/14

hw*26/4-28/5/14

fn*9/5-10/6/14

AQUADEES MURAH BERKUALITAS Harga 13jt, 16jt, 23, 30, 39jt sd 99jt ATAU KERJASAMA TANPA BELI ALATJAMINAN Jaminan Bahan Baku Air Prigen dg Sumber & Mobil Tanki Sdri. Hub. Komp Ruko Cipta Menanggal 58 Sby Telp. 031-8295355, 77770776, 0817300776, 081232379770 fn*4/5-5/6/14

SEDIA / JUAL SEPEDA ONTHEL Model Kebo dan Jengki Merk Phoenix Asli RRT Kondisi Baru, Stok Terbatas. Hub: Pasar Baru Waru Blok E-22 Telp. 031-31002332

MEBEL JATI IHTIAR JAYA, Sedia Mebel Ukir dan Minimalis Mutu Bagus, Harga Murah, Terima Pesanan Bedroom SetKitchen Set, Revisi, Ganti Warna, Beklit dan Tukar Tambah. Jl.Kertajaya 45 A Sby Telp. 031-5031037, 70245757

hw*20/5-20/6/14

hw*18/5-18/6/14

up*27/4-28/5/14

up*11/5-12/6/14

aspirasi warga setempat. Sayangnya, pihak perusahaan tidak bersedia menemui warga untuk melakukan dialog terkait tuntutan tersebut. Perwakilan perusahaan menyatakan pimpinan perusahaan tidak ada ditempat. Kapolsek Gedangan Kompol Kamran menyatakan, bahwa, pihaknya berharap warga dalam melakukan aksinya sesuai prosedur dalam unjukrasa. Selain itu, pihaknya akan mengamankan dan menfasilitasi tuntutan warga yang meminta penyediaan air bersih ini. (sta/sho)

BASMI / ANTI RAYAP Hub: MTA PEST Telp. 031-71121675, 91640803, 08123250626 hw*26/4-28/5/14

Sidoarjo, 20 Mei 2014 KPKNL SIDOARJO


HARIAN BANGSA SELASA, 20 MEI 2014

4

Gelar Pekan Nasional Nelayan-Petani di Malang JAKARTA – Pekan nasional petani dan nelayan ke-14 akan digelar Kementerian Pertanian di Malang, pada 7-15 Juni 2014 mendatang. "Acara ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemandirian petani dan nelayan," ujar Suswono, Menteri Pertanian di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (19/5). Dalam kegiatan tersebut, Kementan akan melaksanakan kegiatan yang meliputi kepemimpinan dan kemandirian petani dan nelayan, kemitraan usaha dan jaringan informasi agribisnis, pengembangan teknologi dan kualitas produksi, pengembangan wirausaha dan kesadaran lingkungan, serta sinkonisasi program pembangunan pertanian pusat dan daerah. Kementan memperkirakan acara tersebut mampu menarik 35.000 orang yang terdiri dari Petani-Nelayan seluruh Indonesia, organisasi Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Persatuan Petani Nelayan Seluruh Indonesia (PPNSI), Dewan Tani Indonesia (DTI), Serikat Petani Indonesia (SPI) dan Syarikat Tani Islam Indonesia (STII), aparatur pendamping dan peninjau. Pada acara PENAS itu pula, akan dilaksanakan peluncuran strategi induk Pembangunan Pertanian (SIPP) 2013-2045 sebagai dokumen strategis penyelenggaraan pembangunan pertanian berbasis bio-industri berkelanjutan. (kcm/sta)

EKSOTIK - hamparan luas nan indah yang dihiasi dengan satwa liar di Taman Nasional Baluran Situbondo Jawa Timur. foto istimewa

Taman Nasional Baluran Destinasi Wisata Berbeda Surabaya - HARIAN BANGSA Propinsi Jawa Timur memiliki hamparan savana terluas di Pulau Jawa yakni Taman Nasional Baluran di Kabupaten Situbondo Jawa Timur. Jika wisatawan berkunjung Baluran pasti serasa berada di Afrika. Taman Nasional Baluran ini merupakan destinasi wisata yang cukup berbeda. Karena di sini jika wisatawan beruntung bisa menemukan banyak sekali satwa liar yang benar-benar liar tidak seperti di kebun binatang atau Taman Safari. Kalau di Taman Safari wisatawan bisa melihat dengan dekat aneka satwa, bahkan mereka

foto: ilustrasi/istimewa

Maret, Utang Asing Indonesia Tembus USD 276, 5 M JAKARTA – Bank Indonesia (BI) melansir data terbaru mengenai utang luar negeri Indonesia. Per Maret 2014, utang luar negeri Indonesia tembus USD 276,5 miliar atau setara dengan Rp 3.156,8 triliun. Angka utang ini naik dari bulan sebelumnya yang hanya USD 272,3 miliar. Jika dibandingkan dengan Maret 2013 (yoy), angka utang ini juga naik di mana kala itu utang tercatat hanya USD 254,6 miliar. Dilansir dari situs resmi bank sentral, utang luar negeri ini terdiri dari utang luar negeri pemerintah dan Bank Indonesia sebesar USD 130,5 miliar. Selanjutnya, utang luar negeri swasta mencapai USD 146 miliar. BI mencatat utang luar negeri pemerintah mencapai USD 122,4 miliar atau naik dari bulan sebelumnya yang hanya USD 129 miliar. Sedangkan, utang luar negeri Bank Indonesia sebesar USD 8 miliar. Utang luar negeri swasta juga naik dari bulan sebelumnya yang hanya USD 143,3 miliar. Utang luar negeri swasta terdiri dari utang perbankan yang mencapai USD 25,3 miliar. Selanjutnya, utang nonbank atau bukan bank sebesar USD 160,7 miliar. Utang luar negeri nonbank ini sendiri terbagi menjadi financial corporation atau LKBB sebesar USD 8,7 miliar dan utang perusahaan bukan lembaga keuangan atau nonfinancial corporation sebesar USD 111,9 miliar. (mer/sta)

bisa menghampiri pengunjung jika satwa tersebut mencium bau makanan dari mobil. Tetapi tidak demikian ketika wisatawan berkunjung ke Baluran. Pasalnya untuk masuk ke dalam Taman Nasionalnya saja wisatawan harus memasuki jalan tanah yang agak rusak selama 40 sampai dengan 1 jam perjalanan. Taman Nasional Baluran yang terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, berbatasan wilayah sebelah utara adalah Selat Madura, sebelah timur Selat Bali, dan di tengah kawasan ini terdapat Gunung Baluran yang

sudah tidak aktif lagi. Namun menjadi pemandangan yang cantik ketika wisatawan melihat padang savana dari kejauhan. Untuk pengunjung pencinta fotografi sebaiknya datang ke Baluran pada saat musim kemarau, pada bulan Juni-JuliAgustus karena air di hutan kering, dan rumput berwarna kuning. Pada musim kering, satwa seperti rusa, banteng, burung merak yang berada di dalam hutan keluar menuju savana. Pihak Taman Nasional menyediakan air dan kubangan, sehingga pada musim kemarau hewan keluar dan

berada dekat di jalan. Kepala Seksi Sarana Distribusi dan Digital Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Budi Supriyanto mengatakan, akses menuju Taman Nasional Baluran ini tidak mahal dan memang serasa seperti di Afrika. Sepanjang perjalanan menuju Savana di Taman Nasional Baluran ini di kanan-kiri jalan banyak sekali pohon jati. Bagi pengunjung yang suka fotografi disarankan memulai perjalanan pada pagi hari. Syukur-syukur bisa menemukan kabut sehingga foto bisa lebih dramatis. "Saya sarankan kalau

bisa ke sini pada jam 04.00 pagi. Karena matahari terbit (sunrise) di Taman Nasional Baluran sangat bagus,” cetus Budi. Menurut Budi, Taman Nasional Baluran juga memiliki Pantai Bama yang merupakan spot untuk melihat sunrise. Namun pengunjung harap berhati-hati. Karena banyak sekali monyet liar. Kalau pengunjung lengah sedikit, bisa jadi handphone atau kamera pengunjung bisa diambil oleh monyet-monyet tersebut. Setelah itu wisatawan bisa melanjutkan perjalanan menyusuri Padang Savana sepanjang Taman Nasional. (don/adv/sta)

Wajib ber-SNI

Pengusaha Mainan Anak Bingung Jakarta – HARIAN BANGSA Penerapan wajibnya standar nasional Indonesia (SNI) untuk mainan anak, membuat bingung para pengusaha industri kecil dan menengah (IKM). Kebingungan yang dialami pengusaha mainan anak disebabkan karena rumitnya proses sertifikasi tersebut. "Kita pusing juga melihat apa yang dijelaskan untuk memenuhi SNI itu," ujar Susanti, pengusaha kecil produk boneka yang hadir dalam acara workshop Menyiapkan IKM menhadapi ketentuan SNI mainan

anak di Jakarta, Senin (19/5). Hal serupa juga d irasakan oleh Ahmad Siyatna, pengusaha mainan anak asal Bandung, Selain bingung karena kebijakan sertifikasi ini, dia juga mempertanyakan mengapa sertifikasi tersebut hanya berlaku selama enam bulan. Pengusaha asal Bandung ini menilai hal tersebut justru mempersulit produsen mainan anak. "Ini kenapa cuma enam bulan, bisa lebih 6 bulan gak? Kenapa kalau bisa dipermudah kok dipersulit," katanya.

Sementara itu, Ari, pengusaha mainan anak lainnya, menilai sosialisasi dari Pemerintah tidak maksimal. Hal tersebut membuat para pengusaha bingung dengan sertifikasi SNI yang dilaksanakan oleh Pemerintah. "Pengusaha IKM mainan anak tidak mengetahui bahan-bahan apa saja yang membahayakan bagi manusia. Hal ini diakibatkan tidak adanya sosialisasi kepada para pengusaha IKM mainan anak," ucapnya. Pemerintah sudah memutuskan produk mainan anak di Indonesia harus

OTOMOTIF

memiliki sertifikat SNI per 30 April 2014 lalu. Sejak tanggal tersebut akan dilaksanakan pengawasan yang bersifat pembinaan penerapan pemberlakuan SNI sampai 30 oktober 2014. Jika pada kurun waktu tersebut belum memiliki SNI maka usaha tersebut akan d ilarang untuk d iperdagangkan. Sementara untuk penindakan secara hukum terhadap pelanggaran penerapan SNI mainan anak baru akan diberlakukan mulai 31 Oktober 2014 mendatang. (kcm/sta)

KEHILANGAN

MOBIL

MOTOR

SERVICE

GRESIK

SURABAYA

SERVICE MOBIL KIA - HYUNDAI, Melayani Dalam & Luar Kota Emergency Call Hub. 031-77169465, 08123237573

Kehilangan STNKB Honda th. 2011 W-6486LQ a/n: Rofi’ah d/a: Jl. Pancawarna 9 no. 109 KBD Driyorejo Gresik.

STNK MTR YAMAHAL.6309.GSAN.BAGINDA PARLAUNGAN.S JL.BRATANG SATU 1/28 SBY

up*9/5-10/6/14

KEHILANGAN

Kehilangan STNKB Honda th. 2011 W-6486LQ a/n: Rofi’ah d/a: Jl. Pancawarna 9 no. 109 KBD Driyorejo Gresik. Kehilangan STNKB Honda th. 2011 W-6486LQ a/n: Rofi’ah d/a: Jl. Pancawarna 9 no. 109 KBD Driyorejo Gresik.

TRENGGALEK

wan*20/5/14

STNK MTR HONDA L.2729.OY AN.BAGUS KURNIAWAN JL.CANDI LONTAR 3/41K12 SBY wan*20/5/14

STNK MBLTOYOTAL.1060.EQAN. GUNAWAN TEDJA.AJL.MANYAR JAYA13B/179 SBY wan*20/5/14

STNK MTR HONDA L.3857.BK AN.HABIBIY JL.SEMOLOWARU TGH 6/24 SBY wan*20/5/14

STNK AG 2441 ZE A/N JOKO SUROSO D/A RT.20/06 KEL.SURONDAKAN TRENGGALEK 20/5/14

STNK AG 6684 ZM A/N AGUS MUARIFIN D/A RT.21/08 JAMBU TUGU TRENGGALEK 20/5/14

fn*22/4-22/5/14

fn*10/5-11/6/14

STNK AG 2854 ZK A/N RUMINI D/A RT.13/04 SUMBERINGIN KARANGAN TRENGGALEK 20/5/14

KURSUS MOBIL

SEWA MOBIL

STNK AG 2972 ZV A/N MUGIONO D/A DS.SUMBER RT.05/02 KARANGAN TRENGGALEK 20/5/14

PASURUAN

Kehilangan STNKB Honda th. 2006 W-3256AO a/n: KPPBB Gresik d/a: Dr. Wahidin SHD Kebomas Gresik. Kehilangan STNKB Honda th. 2006 W-3256AO a/n: KPPBB Gresik d/a: Dr. Wahidin SHD Kebomas Gresik. Kehilangan STNKB Honda th. 2006 W-3256AO a/n: KPPBB Gresik d/a: Dr. Wahidin SHD Kebomas Gresik. Kehilangan STNKB Honda th 2005 W-2656GI a/n: Machzumi d/a: Ds. Duduksampeyan RT. 05 RW. 03 Gresik.

STNK MTR TOSSA L.3220.JZ AN.HARYANI JL.NGAGEL MULYO 7/70 SBY wan*20/5/14

STNK MTR YAMAHA L.6076.SF AN.MUSLIKH JL.DUPAK BANGUNSARI 3/34 SBY wan*20/5/14

STNK MTR HONDA L.5021.WT AN. HILDHA.I.S JL.BABATAN PILANG 2/39 SBY wan*20/5/14

STNK MTR HONDA L.4903.S AN.AGOES HERMAWAN JL.PLATUK DONOMULYO 25/2 SBY wan*20/5/14

STNK MTR SUZUKI L.4795.NB AN.ADI PRASETIO JL.TAMBAK REJO 4/19 SBY wan*20/5/14

HLG STNK SPDM HONDA TH’96 NOPOL N 5684 OB A/N SUKARI D/A KEBOTOHAN KRATON PASURUAN 20/5/14 up*18/3-17/4/14

fn*7/5-8/6/14

VARIASI MOBIL

HLG STNK SPDM HONDA TH’13 NOPOL N 5673 XS A/N ALINDA ROSYIANA D/A JL.SEMANGKA 9/G4-19 KOTA PASURUAN 20/5/14

HLG STNK YMH’04 N 5124 TR A/N SAMSUL MA’ARIF D/A LEMAHBANG 2/14 SUKOREJO 20/5/14

HLG STNK HND’13 N 5807 OU A/N FENTI AFRILIANA D/A WRGDOWO 2/6 POHJENTREK 20/5/14 hw*27/4-30/5/14

MOBIL

KURSUS MOBIL DJOEN MT/AT-SIM & STNK Hub: 031-7340976, 082894057478 Raya Kupang Jaya 23 Sby Hub: 0315054606, 031-34211819 Ngagel Jaya Selatan 16 Sby Bk: 07.00 s/d 22.00 HRG PROMO hw*8/5-9/6/14

up*9/5-10/6/14

MJ RENT A CAR Hub. 031-70777306, 03177725563, 8669320, 08121703970, New Eyes, Camry, Altis, Alphard, ELF, Pregio, Travello, Avanza, LGX, Innova, Bus AC Pariwisata 29,30,43,60 + Toilet, TV, CD, Karaoke, Recleaning Seat dan Terima Kontrak Bulanan / Tahunan

HLG STNK YMH’10 N 5074 OB A/N REDJO SAIFULLOH D/A WONOSARI 3/3 GONDANGWETAN 20/5/14

HLG STNK YMH’06 N 2393 TT A/N MUHAMMAD DZULKHAM ALAMSYAH D/A JOGOSARI 3/6 PANDAAN

fn*19/4-20/5/14

hw*26/4-28/5/14

up*22/4-23/5/14

“PROMO PAKET TOUR” ARLINTA 031-70262428, 71761674, 8714795, 08123501089 Email:arlinta_transport@ yahoo.co.id Website:www.arlinta transport. com Mywakan Avanza, Innova, ELF, Hiace Comuter, Pregio, Travello, T.Altis, New Camry, Xerena, Fortuner, Alphard, Vellvire, Mercy New Eyes S350+S500, Mini Bus, Tape, Rec, Seat, Hri/Bln-an, D/L Kota, Mbl baru2, Rute Jawa-Bali dg Sopir Brpglaman & Sabar up*22/4-22/5/14

up*13/5-14/6/14

up*23/4-23/5/14

hw*26/4-28/5/14

Kehilangan STNKB Honda th 2005 W-2656GI a/n: Machzumi d/a: Ds. Duduksampeyan RT. 05 RW. 03 Gresik. Kehilangan stnk Honda thn 2011 W- 5758 BU a/n Candra Fahruningtyas d/a Jl. Beton IV/04 Ds. Pongangan Manyar Gresik Kehilangan stnk Honda thn 2011 W- 5758 BU a/n Candra Fahruningtyas d/a Jl. Beton IV/04 Ds. Pongangan Manyar Gresik

wan*20/5/14

STNK MTR HND NF11B TH.11 L.3534.Y AN.MISJAN JL.JERUK TEMBUSAN 13 SBY wan*20/5/14

STNK MTR SZK EN125A TH.08 L.5197.NR AN. ACH ZAINUL ARIFIN JL.LASEM BRT 41 SBY

.

STNK MTR YMH 28D TH.10 L.5137.WN AN. SRIWAHYUNIJL.BANYUURIPLOR1/22CSBY

SURABAYA

wan*20/5/14

wan*20/5/14

STNK MTR KWSK AN125E TH.05 W.4649.MA AN.NURAKHSAN JL.TMN PDK JATI Y/14 SBY wan*20/5/14

HLG STNK HND’04 N 5590 TO A/N MALIKIN D/A WONOKOYO 1/10 BEJI

STNK MTR YMH TH.13 L.6569.JS AN.DODIK YULIANTO JL.JETIS KULON 1/50D SBY

20/5/14

wan*20/5/14

HLG STNK YMH’08 N 2671 VL A/N H IDRIS D/ A SUNGIKULON 4/2 POHJENTREK

STNK MTR YMH 31B TH.11 L.5130.WZAN.ALI SUTIYONO JL.TAMBAK MAYOR BRT2/11 SBY wan*20/5/14

GRESIK

STNK MBL DAIHATSU TH.12 L.1876.CA AN.JAPRI SUTENA JL.WONOREJO PERMAI 8/20 SBY

Kehilangan STNKB Yamaha th. 2008 W5373-AT a/n: Achmadi Agus Sunanto d/a: Raya Bengawan Solo 109 Gresik.

STNK MBL MITS L300 TH.99 L.1207.RW AN.BAMBANG.S JL.KRANGGAN 5/52 SBY

wan*20/5/14

Kehilangan STNKB Yamaha th. 2008 W5373-AT a/n: Achmadi Agus Sunanto d/a: Raya Bengawan Solo 109 Gresik.

wan*20/5/14

STNK MTR YMH 31B TH.10 L.6084.WR AN. KOESWANTO JL.KENDUNG REJO 7/5 SBY

wan*20/5/14

20/5/14

Kehilangan STNKB Yamaha th. 2008 W5373-AT a/n: Achmadi Agus Sunanto d/a: Raya Bengawan Solo 109 Gresik.

wan*20/5/14

STNK MTR YMH 3C1 TH.10 L.5179.WE AN.H.FATCHUR ROIS JL.TAMBAK OSOWILANGUN 3/21A SBY

STNK MTR HND NC110D TH.08 L.3085.OZAN. MARTONO JL.KR KLUMPRIK BRT 12/46 SBY

HLG STNK HND’10 N 5869 VY A/N BAMBANG IWANTO D/A SUMBERSUKO 1/1 GEMPOL

20/5/14

STNK MTR HONDA L.5310.EL AN. NURHALIMAH DA.SURABAYA

Kehilangan stnk Honda thn 2011 W- 5758 BU a/n Candra Fahruningtyas d/a Jl. Beton IV/04 Ds. Pongangan Manyar Gresik

20/5/14

hw*17/5-17/6/14

**ELLY RENT CAR** Menerima Carteran Mobil + Driver Luar Dalam Kota Hub: 031-31226478, 082136052979, 085854461757

Kehilangan STNKB Honda th 2005 W-2656GI a/n: Machzumi d/a: Ds. Duduksampeyan RT. 05 RW. 03 Gresik.

wan*20/5/14

STNK MTR SUZUKI L.4237.FR AN.O. WAHJUDIJL.KERTAJAYAINDAHTMR9/11SBY wan*20/5/14

STNK MTR YAMAHA L.5429.EC AN.LILIK SETIYANINGSIH JL.SEMOLOWARU UTR 9/ 131H SBY wan*20/5/14

STNK MTR YAMAHA L.6339.CGAN.SISWANI LESTARI.HJL.SUTOREJOPRIMASEL1/20SBY wan*20/5/14

STNK MBL TOYOTA TH.12 L.1321.CI AN. MARIA LUCIA.H JL.KLAMPIS ANOM 2/1G SBY wan*20/5/14

STNK MTR YMH MIO SOUL TH.08 L.5892.VE AN.DYAH MARIA.P JL.SIMO HILIR BRT 2 7G/ 18 SBY wan*20/5/14

STNK MBL T.KIJANG KF83 TH.02 L.1411.JO AN.PT NETANIA KASIG.K JL.KOMP DARMO PARK 2 VI/14-15 SBY wan*20/5/14

STNK MTR HND TH.02 L.2498.EQ AN.AHMAD HUSNAN.DRS JL.TENGGILIS MULYA 4/78 SBY wan*20/5/14

STNK MTR HND NF100 TH.04 L.3265.SF AN.ENDANG NURGIJANTI.TT JL.ASEM JAJAR 12/10 SBY wan*20/5/14

STNK MTR YMH SCORPION TH.08 L.2025.BW AN.SISWANTO JL.RODA SEKOLAHAN 19B SBY wan*20/5/14

STNK MTR YMH TH.12 L.5142.CB AN.RIA EVA.L JL.KEPUTIH 2/26C SBY wan*20/5/14


5

HARIAN BANGSA

SELASA, 20 MEI 2014

Guyup Rukun Modal Dasar Bangun Magetan Magetan – HARIAN BANGSA Momentum Peringatan Hari Kebangkitan Nasional khususnya di Kabupaten Magetan dimanfaatkan untuk menumbuhkembangkan semangat mengisi kemerdekaan sebagai bagian dari proses pembangunan. Pemkab Magetan melalui beragam upaya, melaksanakan program pembangunan demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat Magetan yang adil, mandiri, dan bermartabat. Menurut Kabag Humas dan Infokom Pemkab Magetan, Saif Muchlison, pengakuan akan keberhasilan pembangunan datang dari berbagai pihak. “Capaian keberhasilan ini

merupakan prestasi yang membanggakan dan juga sebagai pendorong semangat untuk menuju Magetan yang lebih baik,” cetus Saif Muchlison. Dia pun menyebut diantara sejumlah keberhasilan pembangunan di Kabupaten Magetan, misalnya dalam bidang pendidikan, angka putus sekolah dan angka ketidak-lulusan di semua jenjang pendidikan relatif kecil. Untuk sektor pertanian, komoditas berupa beras dan sayur mayur, daging unggas, telur dan daging sapi mengalami surplus. Sektor pariwisata juga bergairah karena meningkatnya PAD. “Peran serta aktif masya-

PEDULI – Bupati Magetan Drs H Sumantri MM kala memberikan bantuan alat produksi pada industri kecil di Magetan. foto : nanang/ HARIAN BANGSA

rakat dalam pembangunan di berbagai bidang sangat terasa. Pada kesempatan ini kami

mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, atas partisipasinya sehingga beberapa

waktu lalu Kabupaten Magetan meraih dua penghargaan sekaligus yaitu Penghargaan Swasti Saba Wiwerda dan Manggala Karya Bhakti Husada Arutala,” ungkap Bupati Magetan, Drs H Sumantri MM. Sederet penghargaan telah diraih Kabupaten Magetan, diantaranya tingkat nasional, yakni Piala Adipura (bidang kebersihan), Wahana Tata Nugraha (lalu lintas), juga Nominasi Kalpataru Kategori Perintis Lingkungan dan Pengabdi Lingkungan tingkat Nasional. Juga penghargaan Adiwiyata Mandiri (bidang pendidikan) dan Penghargaan Tenaga Kesehatan Teladan. Juga dua dua peng-

hargaan sekaligus dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr Nafsiah Mboi berupa Penghargaan Swasti Saba Wiwerda dan Manggala Karya Bhakti Husada Arutala. “Prestasi yang telah didapat bukan semata untuk kebanggaan saja, namun juga sebagai pelecut semangat untuk mewujudkan Magetan yang lebih baik,” cetus Bupati Sumantri. Ditambahkannya, dalam suasana Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini diharapkan seluruh elemen masyarakat untuk selalu mendukung kebijakan yang d iambil Pemkab Magetan. Masyarakat Magetan yang

sangat guyub tentunya menyadari bahwa program-program pembangunan pemkab ditujukan bagi kesejahteraan masyarakat. “Untuk lebih meningkatkan rasa kebersamaan dan kegotongroyongan, marilah kita membulatkan tekat dan menyatukan langkah untuk membangun kabupaten tercinta ini menuju kesejahteraan masyarakat Magetan yang ad il, mand iri dan bermartabat. Tentu hal itu juga harus disertai semangat tinggi, optimisme, kerja keras dan senantiasa memohon rid ho Allah SWT,” pungkas Sumantri. (nng/adv/sta)

Kena Tilang, Pelajar Menangis di Depan Polisi

Naik Plafon Pakai Sarung

JOMBANG – Seorang pelajar salah satu SMK di Jombang menangis kala motornya ditahan dan saat akan diberi surat tilang (bukti pelanggaran) oleh anggota Satlantas Polres Jombang kala Operasi Simpatik 2014, Senin (19/5). SA (17), gadis pemilik motor jenis matic itu merengek agar petugas tidak melayangkan surat tilang. Kejadian itu berlangsung kala Operasi Simpatik yang digelar di Jl Dr Sutomo Jombang. Polisi memeriksa seluruh kendaraan bermotor yang melintas. Pemeriksaan itu meliputi perlengkapan berkendara, seperti Helm dan SIM, serta kelengkapan kendaraan seperti STNK, lampu, spion dan knalpot. Saat melintas di jalan yang menjadi area operasi, motor jenis matic warna merah milik SA yang dikemudikan WA (17), dihentikan polisi. Keduanya tak mengenakan helm, demikian pula saat diperiksa SIM dan STNK-nya. "Tolong pak, jangan ditilang," rengek SA di depan polisi. Meski demikian, polisi tetap tak bergeming. WA, teman SA yang menjadi pengemudi motor itu terpaksa menandatangani peneriman surat tilang dari polisi. Pada kegiatan itu, Satlantas Polres Jombang memberikan penghargaan kepada pengendara yang tertib, berupa kaos dan helm. Kabag Operasi Satlantas Polres Jombang, Iptu Sumiran mengatakan, Polres Jombang menggelar operasi simpatik guna mengkampanyekan keamanan berkendara dan mengantisipasi konvoi kendaraan bermotor para pelajar SMA. "Kegiatan ini kami lakukan untuk mensosialisasikan keamanan berkendara," ujarnya seraya berharap pelajar tidak menggelar konvoi di jalan. (jbg-1/sta)

Dua Napi Lapas Mojokerto Kabur Mojokerto – HARIAN BANGSA Dua narapidana (napi) d i Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kota Mojokerto kabur, Minggu (18/5) malam. Keduanya kabur usai menjebol plafon dari sel yang mereka tempati. Satu napi diduga naik ke plafon memakai kain sarung. Napi yang kabur, yakni Endik Prasetyo (39) warga Desa Jumeneng, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto yang menjalani vonis delapan tahun penjara karena perkara narkoba dan Andy Purwanto (27), warga Perum Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo yang menjalani vonis 2, 3 tahun penjara. Kepala Lapas Kelas II B Kota Mojokerto Urip Heru Nadi mengatakan, dua napi diketahui kabur pukul 21.45 WIB. "Pukul 21.45 WIB mereka diketahui sudah di luar, saat petugas pos

menghubungi komandan jaga, keduanya sudah tidak ada," cetus Urip Heru Nadi, Senin (19/5). Katanya, dimungkinkan sebelum pukul 21.45 WIB, keduanya sudah mempersiapkan diri untuk kabur. Kedua napi itu berada dalam kamar sel yang sama. Dia menduga, sebelum dua napi itu kabur, sudah ada dua sepeda motor yang siap menjemput dua napi yang kabur dengan cara menjebol plafon kamar sel dan loncat pagar. “Kejadian sangat cepat, setelah menjebol plafon mereka langsung loncat pagar. Di bawah sudah ada yang menunggu, ada dua motor yang menunggu mereka," ungkapnya. Diprediksi keduanya saling memanggul, satu napi pegang terali dan sudah menyiapkan tali dari sarung yang diikat di plafon. Petugas pos berada 15 meter dari kamar sel keduanya,

BURON – Petugas menunjukkan dua foto napi Lapas Kelas IIB Kota Mokokerto yang kabur, Senin (19/5). foto : gunadhi/HARIAN BANGSA saat diketahui tidak berada di kamar sel, langsung d icari namun tidak ada.

Lapas Kelas II B Kota Mojokerto mengakui kaburnya dua napi itu sebagai kesalahan me-

reka. Dalihnya, selain lahan lapas yang kecil, juga terbatasnya jumlah personel.(gun/sta)

Surat Tanah Berubah, Ahli Waris Duga Oknum Sekdes Terlibat Nganjuk – HARIAN BANGSA Surat tanah C desa atas nama almarhum Nikem, warga Desa Mlorah Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk diketahui berubah atas nama Narwan, warga desa setempat. Padahal tanah berupa sawah seluas 4.588 meterpersegi itu masih menjadi milik sembilan ahli waris almarhum Nikem. Nanwar sendiri merupakan salah satu anak almarhum Nikem. “Surat tanah C atas nama Nikem sempat hilang. Waktu itu Nikem masih hidup,” cetus Said, salah satu ahli waris Nikem, Senin (19/

5). Kata Said, karena hanya surat tanah C saja yang hilang, maka Nikem tidak curiga. Namun selang beberapa waktu, para ahli waris Nikem curiga karena tibatiba surat C yang semula atas nama Nikem ternyata berubah atas nama Narwan. “Kami tidak tahu bagaimana dia mengurus C desa tersebut, tetapi tahu-tahu muncul C desa menjad i namanya Narwan, pada hal tanah tersebut masih milik semua ahli waris Nikem” tambah Said. Said lantas menduga jika munculnya surat

C desa itu fiktif dan bisa terbit atas atas rekayasa sekretaris desa (sekdes) dan kepala desa (kades) setempat waktu itu. Said bercerita, munculnya surat C desa atas nama Narwan itu ternyata dipakai untuk mengurus sertifikat tanah ke kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Nganjuk. Sebab ternyata lahan dimaksud ternyata sudah bersertifikat atas nama Marjuki, anak Narwan. Kata Said, munculnya C desa atas nama Narwan juga tidak dibuktikan dengan akte jual beli, atau hibah juga tidak bukti-bukti yang

menguatkan kalau tanah tersebut telah dimiliki Narwan. Kini Said berupaya agar lahan itu dikembalikan dengan status semula, yakni atas nama Nikem, sesuai dengan data yang ada di desa, sehingga pada akhirnya nanti bisa diwariskan kepada sembilan ahli waris almarhum Nikem. “Apabila Narwan bisa diajak kompromi dan mau mengembalikan tanah sawah tersebut kepada pemil iknya maka kami akan legowo. Tetapi apabila tidak maka kami bersama saudara yang lain akan me-

nuntut orang-orang yang berkaitan denga surat tanah tersebut, termasuk sekdes dan kades waktu itu,” tegas Said. Menurut Said, pihaknya telah memiliki bukti ketidakabsahan surat C desa atas nama Narwan. Sebab dalam buku tanah di kantor desa sawah itu masih atas nama Nikem. “Kami telah melihat dan membaca sendiri kalau tanah sawah yang sekarang dikuasai Narwan, dalam C desa masih atas nama Nikem, jadi munculnya sertifikat tersebut hanya rekayasa,” tambahnya. (bam/sta)

BEBER – Salah satu ahli waris, Said, menunjukkan surat tanah diduga rekayasa dan diduga melibatkan oknum perangkat desa. foto bambang dj/HARIAN BANGSA


HARIAN BANGSA

SELASA, 20 MEI 2014

6

Ribuan Jemaah Hadrah Peringati Harlah NU

SURABAYA – Jalur utama di depan kantor PWNU Jawa Timur harus ditutup karena dilangsungkan Gebyar Ikatan Seni Hadrah Indonesia (ISHARI) dalam rangka hari lahir Nahdlatul Ulama yang ke-91 tahun. Pentas hadrah ini digelar di halaman depan kantor PWNU Jatim di Jalan Masjid Akbar Surabaya, Ahad (18/5) malam. Pada kegiatan ini hadir ribuan jamaah ISHARI dari sejumlah kelompok hadrah di beberapa kota di Jawa Timur. Di antaranya kontingen dari Bangil, Sampang, Malang, Mojokerto, Jombang dan Pasuruan. “Mereka adalah utusan dari sejumlah cabang yang sangat antusias dengan kegiatan ini,” kata Ir H Yusuf Arif, Ketua PW ISHARI Jatim. Masing-masing datang dengan jumlah anggota yang beragam. Namun dari data yang diterima panitia, ada 1200 peserta. “Ini belum termasuk para kontingen yang masih dalam perjalanan,” kata Ketua Panitia, M Saiful Anwar. Rangkaian gebyar ISHARI diawali dengan ibtida’ bis syahri atau pembacaan shalawat pembuka. Selanjutnya kegiatan diisi dengan beberapa sambutan. Drs KH Nuruddin A Rahman SH yang mewakili PWNU Jatim memberikan semangat kepada para hadirian akan keberadaan dan manfaat hadrah dalam perjalanan dakwah Islam. “Percayalah bahwa seni hadrah adalah warisan dari Nabi Muhammad SAW,” katanya yang disambut antusias peserta. Dengan demikian, Wakil Rais PWNU Jatim ini memastikan bahwa dengan melestarikan seni hadrah, berarti juga turut dalam menjaga tradisi dan warisan nabi. Ir H Yusuf Arif, Ketua PW ISHARI Jatim mengaku sangat bangga dan tersanjung dengan undangan ini serta berharap agar kegiatan serupa dapat diselenggarakan secara ajeg. “Pada saat yang sama kami berharap atas dukungan dan bimbingan para kiai dan ulama demi terjaganya tradisi islami ini,” tandasnya. Apalagi, lanjut Yusuf, kelahiran ISHARI hampir berbarengan dengan hari lahir NU. "Kalau ISHARI lahir dan didirikan tanggal 15 Rajab, sedangkan NU adalah 16 Rajab meskipun tahunnya berbeda," katanya. Dengan demikian, saat memperingati kelahiran grup hadrah ini, bersamaan dengan harlah jam'iyah Nahdlatul Ulama, lanjutnya. (sal)

Mbah Wahab tentang Ilmu Aqaid Artikel ini adalah tulisan KH. Abdul Wahab Chasbullah mengenai ilmu aqaid yang pernah dimuat secara bersambung pada majalah ‘Oetusan Nahdlatul Oelama’ pada awal tahun 1928. Disadur kembali oleh situs resmi NU, kami akan sebarkan secara lebih luas tulisan dari salah satu tokoh pendiri NU ini. Soal aqaid dipandang perlu mengingat ilmu aqaid sebagai salah satu asas dalam memahami Islam secara sempurna –kaffah-, kini mulai jarang disentuh. Bahkan hampir mengalami ‘kepunahan’.

BUKTINYA, jarang sekali kita mendengar istilah aqaid, apalagi ilmu aqaid. Telinga dan mata kita lebih familier dengan istilah aqidah islam, aqidah ahlussunnah atau malahan kalimat pertentangan aqidah. Semuanya kita fahami begitu saja tanpa pikir panjang. Selanjutnya diterangkan bahwa ilmu aqaid sebagaimana diterangkan dalam kitab Bajuri dan Jam’ul Jawami’ sebagai: Pengetahuan yang terikat dalam masalah keyakinan keagamaan yang diambil dari dalil-dalil syara’. Adapun guna mempelajari ilmu aqaid adalah untuk membetul kan dan meneguhkan iman manusia kepada Tuhan

Allah Ta’ala. Iman yang benar akan mengesahkan segala amal ibadah seperti shalat, puasa, zakat, haji dan lain-lannya. Dan surga menjadi pahala balasan di akhirat nanti. Namun, jika iman seseorang tidak dalam posisi yang benar, maka semua amal itu akan sia-sia. Dan di akhirat nanti neraka sebagai ganjarannya. Melihat posisi dan guna ilmu aqaid yang begitu pentingnya, maka belajar ilmu aqaid hukumnya fardhu ain. Artinya wajib bagi setiap orang yang berakal untuk mempelajarinya Ilmu aqaid dinamakan demikian Ilmu aqaid karena pengetahuan ini berisikan satu bundelan (ikatan) mengenai

sahnya iman dan Islam yang jumlahnya 50, yang terkenal dengan istilah aqaid seket. Dengan perincian 20 sifat wajib bagi Allah, 20 sifat mustahil bagi Al lah, 1 sifat jaiz bagi Allah, 4 sifat wajib bagi Rasul, 4 mustahil bagi Rasul dan 1 sifat jaiz bagi Allah. Semuanya itu terkandung di dalam kalimah La Ilaha Illallah. Ilmu aqaid juga disebut ilmu ushuluddin, yaitu ilmu mengenai pokoknya agama. Karena itu barang siapapun orangnya beribadah siang malam, tetapi tidak memil iki pengetahuan ilmu ini, maka ibadah itu dianggap tidak sah. Selain itu, ilmu ini juga disebut

dengan ilmu kalam (ilmu bicara), karena siapapun tidak akan dapat memahami ilmu aqaid ini secara benar, apabila belum dibicarakan dengan panjang lebar dan penuh perhatian. Bahkan perlu digaris bawahi bahwa memahami ilmu aqaid ini tidak cukup dengan membaca buku saja tetapi harus melalui seorang guru (digurukan). Demikian diterangkan oleh KH. Abdul Wahab Chasbullah dalam Majalah Oetusan Nahdlatul Oelama. Penulisan kembali tulisan ini tentunya disertai perubahan ejaan dan gaya bahasa yang berlaku sekarang untuk mempermudah pemahaman. (nuo/sal)

Silaturrahim Siapa bilang warga NU tidak punya agenda kegiatan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan? Kegiatan itu ternyata banyak sekali jumlahnya mulai dari tahlilan, yasinan, walimahan/pernikahan, pengajian rutin, imtihan/ wisuda, seminar, diskusi dan masih seabreg jika disebut satu persatu. Ingin dimuat di HARIAN BANGSA? Mudah. Cukup ketik SMS ya, kirim ke 08123064028 atau email: bangsasilaturrahim@gmail.com. Jangan lupa: Nama, Alamat, dan kegiatannya, kalau ada fotonya yang menarik, ya. Saya muat di Harian BANGSA [korane warga NU]. Itung-itung dokumen pribadi. Kalau dimuat, dibingkai pigora yaaa. Apakah ada yang sulit, SEDULUUUUR?????

08123064028 - 081216031525 Penerimaan Santri Baru Ponpes Nur Khodijah 2 Mambaul Ma’arif JOMBANG – Pondok Pesantren Putra-Putri Nur Khodijah 2 Mamba'ul Ma'arif, Jalan KH Bishri Syansuri No 73, Denanyar, Jombang, menerima pendaftaran santri baru dan beasiswa santri Tahfidzul Qur'an & santri mandiri, dengan Lembaga Pendidikan RA-MI Mamba'ul Ma'arif, MTs-MA, Muallimin-Muallimat, MTsNMAN Denanyar, SMK Bishri Syansuri, Lembaga Bahasa ArabInggris. info lebih lanjut hubungi: 082302384130 (Agus Abdur Rosyid bin KH Hafidz Ahmad Bishri).

Haflah ke-49 Ponpes Roudlotu Tahfidzul Qur’an JOMBANG – Mengharap kehadiran Bapak/Ibu/Sdr/i & segenap alumni, dalam rangka Haflah ke-49 Pondok Pesantren Putra-Putri Roudhotu Tahfidzul Qur'an Kecamatan Perak, Ka\bupaten Jombang, dan Khotmil Qur'an bil Ghoib serta khataman Tafsir Al Ibriz ke-18.Acara akan dilaksanakan pada Kamis, 5 Juni 2014, pukul 19.30 WIB (ba'da Isya) oleh KH. Yahya Kholil Staquf bin Kholil bin Bisyri bin Musthofa. (PP Roudhotut Tholibin Leteh Rembang/Katib Syuriah PBNU) (KH .Masduqi Abdur Rohman Al Hafidz).

Pengajian Kitab Washiyatul Musthofa SIDOARJO- Pengajian rutin Kitab Wahiyatul Musthofa yang diasuh oleh KH Masyhudi Mukhtar di Masjid Al-Mubarok Jl KH Sulaiman Gemurung Gedangan. (Samsul Fuad Bakri)

bangsasilaturrahim@gmail.com

Amin 42 Lamongan. Dimeriahkan dengan qasidah al-banjari oleh anak-2 SDNU "Banat-Banin" Lamongan, dan ceramah agama oleh KH. Muhammad Najib Muhammad dari PP Al-Madinah, Denanyar Jombang. (Ketua Panitia, K.H. Syarif Hidayatullah)

Berbagi Berkah di Bulan Ramadan

Isra' Mi'raj NU Kenduruan LAMONGAN - Pengurus NU Ranting Kenduruan Sidokumpul Lamongan akan menyelenggarakan peringatan Isra' Mi'raj 1434 H. Besuk pada hari Jum'at malam Sabtu, 23 Mei 2014, bertempat di depan Gedung Balai Pengajian NU (BAPENU) Kenduruan, Jalan Kiai

SURABAYA-Lembaga Zakat Infaq Sedekah NU (Laziznu) Jatim akan mengadakan berbagi berkah di bulan Ramadan 1434 H. Kegiatan ini melibatkan anak-anak jalanan dan guru-guru ngaji. Bagi yang berminat untuk kerjasama dalam kegiatan tersebut silakan hubungi panitia, Amarruddin Zuhro 087952308848.

KARIR

NGANJUK-Hadirilah kegiatan rutin di Masjid Jamik Al-Falah Desa Pelem Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk setiap rabu Malam Kamis pukul 19.30: 1. Pengajian ASWAJA An-Nahdliyah oleh K Sulton Abdul Hadi; 2. Pengajian Kitab Riyadhus Shulihin oleh KH Athour Rochiem; 3. TafsirAlquran oleh Ustd Drs Imam Masyhadi Al-Hafidh; 4. Pengajian Kitab Iryadul Ibad oleh KH Hasan Bisyri; 5. Lailatul Ijtimak dan Bahtsul Masail Malam 15 Qomariyah oleh Drs KH. M. Da’in Masyhuri MM; 6. Jam’iyatul Qurro Sabtu malam Ahad oleg Ustd H Khoiruddin; 7. Ahad Legi Khataman Alquran Putra Bil-Ghoib. (Athour Rohman Wahid)

Kajian Alquran KH Salim Imron

Isro Mikroj 1434 di Madrasah Nuruz Zaman SIDOARJO-Madrasah Diniyah Nuruz Zaman Kebakalan Porong Sidoarjo mengadakan peringatan Isro' Mikroj 1434 H, Senin 25 Mei 2014. Dimeriahkan khatmil quran bil ghoib pukul05.00-16.00,MaulidDiba'Albanjari pukul 19.30-20.30, puncaknya diisi dengan ceramah agama oleh Agus Machin, Sekjen Islamadina Kab Sidoarjo, dan dr Subhan Zen, kepala Madrasah Diniyah Nuruz Zaman.

SIDOARJO-Takmir Masjid Besar Al-Hidayah Jalan Ahmad Yani 55 Gedangan Sidoarjo mengadakan kajian Alquran dan tanya jawab bersama KH Muh Salim Imron pada Ahad Kedua setiap bulan. Dilaksanakan bakda salat Subuh, diakhiri dengan salat Dhuha dan Hajat. Pada Ahad Keempat, materinya diganti Kajian Hadis.

ELEKTRONIK LOWONGAN

KERJASAMA

Full Kajian Kitab dan Bahtsul Masail

FOTO COPY

MESIN

IR 5000 / 6000 / 6570, NP 6551 / 6545 / 6050 / 6035 / 6030. Harga Mulai 5 Jutaan. Manunggal Kebonsari No 17. Hub : (031)72666777, 081331660077.

LOWONGAN

up*21/4-21/5/14

JUAL SPARE PART FOTO COPY Protolan (Mutilasi) Terlengkap se Indonesia IR5000, 6570, 5075, 5050 Series + Service Elektronik Hubungi: 031-72150150, 71150150, 08883778377

hw*3/5-4/6/14

up*28/4-29/5/14

ELEKTRONIK up*30/4-2/6/14

up*15/4-16/5/14

fn*18/5-18/6/14

SERVICE

fn*20/4-21/5/13

ADI JAYA SERVICE Melayani Service TV, Panggilan utk Wilayah Surabaya & Sekitarnya, Proses Cepat, Langsung Jadi di Tempat, Murah, Bergaransi. Hub: 03171305757 Pin BB 7DB029F9

fn*22/4-22/5/14

PASANG BARU BIG TV Cukup Bayar Rp. 210.000 Dapat 2 Bln All Chanell dan 1 Bln Paket Basic . Hub: 031-31174999, 71284499

fn*26/4-28/5/14

up*11/5-12/6/14

hw*16/5-16/6/14 up*20/5-20/6/14

HANDPHONE

hw*27/4-30/5/14

hw*17/5-17/6/14

fn*24/4-26/5/14

fn*4/5-5/6/14

up*15/4-16/5/14

DICARI PRT / BABY SITTER / Semi Langsung Kerja. Hub. 031-70213989, 081332548910

ISI PULSA TANPA KODE Mudah - Praktis - Cepat All Operator 24 Jam, Info: www.pulsaqita.com Cs: 081234510060, 031-8667755

SUMBER TEKNIK SERVICE AC, Kulkas & Dispenser, Bongkar Pasang Kulkas, Freezer, Filter + Jual Beli. Hub. 03171991258, 081231434308

up*30/4-2/6/14

hw*13/5-14/6/14

up*24/4-25/5/14


7

HARIAN BANGSA

SELASA, 20 MEI 2014

Kriteria Masyarakat Jahiliyah (3-habis)

Meragukan Bahkan Mengingkari Kehidupan Akhirat Museum Belanda Tampilkan Kehidupan Mualaf

SEBUAH pameran yang baru-baru ini diadakan di Museum Amsterdam, di Belanda menampilkan sesuatu yang berbeda, yakni kehidupan spiritual orang yang baru memeluk Islam (mualaf). Ide pameran yang dilaksanakan mulai 11 April hingga 29 Juni mendatang itu berasal dari antropolog Vanessa Vroon-Najem, seorang mualaf sejak 1996. Pameran yang bertema ‘Perubahan: Menjadi Muslim dan Seorang Muslim’ itu menampilkan informasi perihal kehidupan yang lebih baik para Muslim di Belanda. Jumlah Muslim di Belanda juga terus mengalami peningkatan dan saat ini mencapai 15 ribu lebih. Pameran tersebut menampilkan foto kehidupan para Muslim di Belanda. Vroon-Najem mengatakan, pameran ini juga bertujuan untuk menampilkan wajah reguler Muslim di Belanda, bukan radikalisme agama dan kekerasan seperti sering terlihat di media. Pameran Amsterdam itu juga bertujuan untuk memperluas pengetahuan tentang perkembangan sosial, mengatasi prasangka dan menyisihkan stereotip pengunjung mengenai gambaran Muslim dan mualaf. “Dia (Vroon-Najem) ingin memberikan pandangan baru yang objektif tentang Muslim dan bagaimana mereka menggabungkan ibadah dalam kehidupan sehari-hari, " ujar salah seorang anggota Platform Nasional untuk Muslim Baru, Steenvoorden. (epu/nis)

BERBAGAI tayangan televisi yang masuk kategori pornografi atau pornoaksi tidak kunjung berkurang apalagi berakhir karena –kata mereka- memiliki rating yang tinggi, mendatangkan banyak iklan dan profit bagi para pemiliki stasiun TV. Soal bahwa dari segi agama Allah swt tayangan-tayangan seperti itu termasuk haram, maka hal ini tidak pernah menjadi perhatian para pengusaha TV. Prinsip mereka “Anjing menggonggong, kafilah berlalu.” Dengan liciknya mereka bilang: “Kami hanya melayani aspirasi masyarakat luas. Kebanyakan pemirsa TV memang menghendaki hadirnya tayangan-tayangan seperti itu.” Memang perbedaan pokok masyarakat jahiliyah dengan masyarakat Islam atau masyarakat orang-orang beriman ialah pada landasan berdirinya masyarakat tersebut. Masyarakat jahiliyah bertolak dari hawa nafsu dan selera masyarakat dalam mengembangkan kehidupan dan peradaban. Sedangkan masyarakat orang-orang beriman bertolak dari ketundukan dan penghambaan diri kepada Allah swt. Kedua-duanya sama-sama mengaku ingin menegakkan kebebasan. Yang satu kebebasan dalam pengertian bebas untuk bermaksiat kapan saja dan bagaimana saja sesuka hati. Sedangkan yang satu lagi kebebasan untuk taat dan patuh hanya kepada Allah swt, pemilik otoritas tertinggi di alam raya. Jahiliyah tidak pernah menyebut perbuatan manusia sebagai maksiat, melainkan kreatifitas. Sedangkan Islam tidak membe-

narkan adanya kebebasan untuk bermaksiat, yang dibenarkan hanyalah kebebasan untuk taat. Apapun boleh dikerjakan dan dikembangkan di dalam Islam asalkan masih dalam koridor taat kepada Allah swt. ”Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya, dan Allah membiarkannya sesat berdasarkan ilmu-Nya dan Allah telah mengunci mati pendengaran dan hatinya dan meletakkan tutupan atas penglihatannya? Maka siapakah yang akan memberinya petunjuk sesudah Allah (membiarkannya sesat). Maka mengapa kamu

tidak mengambil pelajaran? Dan mereka berkata: “Kehidupan ini tidak lain hanyalah kehidupan di dunia saja, kita mati dan kita hidup dan tidak ada yang membinasakan kita selain masa”, dan mereka sekali-kali tidak mempunyai pengetahuan tentang itu, mereka tidak lain hanyalah menduga-duga saja.” (QS Al-Jatsiyah ayat 23-24) Masyarakat jahiliyah menjadikan segala pertimbangan hidupnya berdasarkan kepentingan yang dibatasi oleh kehidupan dunia belaka. Mereka tidak pernah dan tidak tertarik menjadikan pertimbangan agama Allah swt sebagai pertimbangan pertama dan

utama karena mereka tidak memiliki visi akhirat. Mereka hanya mengerti perkara dunia semata. Mereka meragukan bahkan mengingkari kehidupan akhirat. Mereka telah tertipu oleh dunia. Sedangkan masyarakat Islam sangat peduli dengan agama Allah swt. Segala sesuatu dinilai berdasarkan agama Allah swt. Mengapa demikian? Karena mereka sangat bersyukur akan ni’mat Iman dan Islam yang Allah swt limpahkan kepada mereka. Sebagai wujud rasa syukur itu mereka mengembangkan rasa cinta kepada keimanan dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keimanan. Sambil

sebaliknya, mereka kembangkan rasa benci terhadap kekafiran, kefasikan dan kemaksiatan. ”…tetapi Allah menjadikan kamu cinta kepada keimanan dan menjadikan iman itu indah dalam hatimu serta menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan dan kedurhakaan. Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus.” (QS Al-Hujurat ayat 7) Benarlah Rasulullah saw dengan sabdanya sebagai berikut: “Neraka dilapisi oleh hal-hal yang menyenangkan (syahwat) manusia, sedangkan surga dilapisi hal-hal yang tidak disukai manusia.” (HR Bukhary 6006). (era/nis)

Khubaib bin Adi

Tak Gentar Menghadapi Eksekusi Mati RASULULLAH shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengutus sepuluh orang sahabat sebagai matamata (peristiwa ini dikenal dengan Perang Raji’). Beliau mengangkat Ashim bin Tsabit rad hial lahu ‘anhu sebagai pemimpin pada ekspedisi ini. Ketika tengah berada di daerah Hadah, yang terletak antara Asafan dan Mekah, kedatangan mereka terendus oleh orang-orang kafir dari bani Lihyan. Sejurus kemudian, bani Lihyan

melakukan pengejaran terhadap pasukan mata-mata ini. Bani Lihyan kurang lebih mengerahkan 100 orang pemanah. Pengejaran mereka sampailah ke tempat yang d isinggahi para sahabat, dan mereka menemukan biji kurma. “Ini kurma dari Yatsrib (Madinah).” Seru mereka. Mereka pun segera melakukan penelusuran mengikuti jejak-jejak tersebut, hingga akhirnya berhasil menyusul rombongan para sahabat Rasulul-

lah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Begitu menyadari kedatangan musuh, Ashim bin Tsabit radhiallahu ‘anhu dan para sahabat lainnya berl indung d i dataran tinggi. Musuh berhasil mengepung mereka dan berseru, “Turunlah kalian dan menyerahlah! Kami menjamin dan berjanji tidak akan membunuh seorang pun dari kalian.” Ashim bin Tsabit menanggapi mereka, “Kami tidak sudi berada dalam jaminan orang kafir.” Lalu

ia memanjatkan doa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, “Ya Allah, beritahukan nasib kami ini kepada Nabi-Mu.” Karena keengganan para sahabat untuk menyerah, orangorang bani Lihyan itu menghujani mereka dengan anak panah, sehingga sebagian sahabat pun gugur, termasuk d i antaranya Ashim bin Tsabit. Tinggal tersisa tiga orang sahabat yang akhirnya tertawan. Salah satu dari sahabat

Rasulullah shal lallahu ‘alaihi wa sal lam yang berhasil mereka tangkap dalam keadaan hidup adalah Khubaib bin Adi. Lalu Khubaib dibeli oleh anakanak Harits bin Amir bin Naufal. Harits adalah seseorang yang tewas di tangan Khubaib di Perang Badar. Karena hal ini, Khubaib melewati hari-harinya bersama mereka sebagai tawanan. Dan akhirnya bani Lihyan sepakat untuk membunuhnya. (bersambung)

Pendekar Kapak Kuning, Robin Hood Tanah Jawa (679)

Dullah Sembuhkan Anak Buah yang Rahangnya Lepas DULLAH sengaja hanya menakuti Ki Nyoto. Kapak Kuning itu menancap di samping kepala Ki Nyoto. Betapa kagetnya Ki Nyoto, tibatiba sebuah kapak mendarat di samping kiri kepalanya. Badannya langsung gemetar, dan dia terbangun dari duduknya. Dul lah sengaja hanya menakuti Ki Nyoto. Kapak Kuning itu menancap di samping kepala Ki Nyoto. Betapa kagetnya Ki Nyoto, tibatiba sebuah kapak mendarat di samping kiri kepalanya. Badan-

nya langsung gemetar, dan dia terbangun dari duduknya. Dia segera berlari ke tengah halaman. Semua mata tertuju ke puncak tangga. Di remang-remang senja. Anak buah Celeng Bajul dan Ki Nyoto melihat sosok bercadar berdiri gagah. Perlahan, sosok itu menuruni satu demi satu anak tangga, tanpa berpegangan, tanda ilmu keseimbangan tubuhnya cukup mumpuni. Semua tegang. Sosok itu sudah sampai di

anak tangga terbawah, dan dengan tenang melangkah ke tengah halaman. Diam sejenak. Dia lalu berjalan dengan tenang menuju ke kapak kuning yang menancap di kursi goyang milik Ki Nyoto. Saking kagetnya, Ki Nyoto tidak bereaksi samasekali. Dia hanya mengikuti dengan tatapan gusar. Dul lah dengan tenangnya menarik kapak kuning miliknya. Dengan d igenggam telapak tangan kanan, Dullah kembali menuju ke tengah arena. Sementara satu anak buah Ki

Nyoto yang rahangnya terlepas, masih memegangi rahanngnya, dengan kelojotan di satu pojk markas. Dullah menatap ke sekelilingnya, mencari tahu, apakah di antara semuanya, ada yang berniat melawan dia. Tetapi, tak tampak sikap bermusuhan. Hanya Ki Nyoto saja, yang secara perlahan mulai memasang kuda-kuda. Kapak Kuning yang digenggam itu, dijadikan alat penunjuk ke arah Ki Nyoto. "Engkau bergerak, berarti engkau mati!" kata Dullah dengan sua-

ra yang dipenuhi tenaga dalam. Ki Nyoto langsung keder dan gemetaran. Dia tak menyangka bahwa Pendekar Kapak Kuning mempunyai tenaga dalam jauh di atas dia. Perlahan, Dullah menuju ke arah anak buah Celeng Bajul yang kelojotan tadi. Dengan gerakan cepat, Dullah segera mengurut dagunya. "Krak!" bunyi itu muncul dari arah rahang. "Waaaaah!" teriak si anak buah tadi. Dullah segera mengurut dan

menutup beberapa titik darah, agar sakit dan nyeri berkurang lalu menghilang. Tak lama kemudian, si anak buah tadi, sudah bisa bernafas normal,

tanda dia tak lagi kesakitan. Dullah kembali ke tengah halaman. Ditatap seluruhnya. Hanya Ki Nyoto yang masih pasang kuda-kuda. (bersambung)

PROPERTI JUAL TANAH

JUAL TANAH

hw*9/5-10/6/14

JUAL RUMAH JUAL RUMAH Lok: Buduran Asri Legok Sukodono, SHM, 36/90, 2KT, 1KM, Renov, 180 Juta Nego. Hub: 031-70533840 up*23/4-23/5/14

fn*20/5-20/6/14

SPESIALIS KONTRUKSI BAJA / Gudang, Canopy, Rolling Door, Pintu Harmonika, Pintu Tralis. Hub: 031-77584351, 081231338835

STAND/TEMPAT USAHA

hw*11/5-12/6/14

CV. RAHAYU M. Bangun Baru / Renov / Bocoran2 / Pengecatan Hub: 031-71176771, 081330561713

DICARI TEMPAT USAHA Los utk Usaha Percetakan Uk.10x20 / 8x20 / 7x25 di Tandes / Banyu Urip / Darmo Indah / Sukomanunggal / Diponegoro Sby / Waru Sda. Hub: 03170247589

HOTEL

hw*17/5-17/6/14

hw*30/4-2/6/14

up*17/4-19/5/14

KANOPI GALVALUM 125 Rb / M2, Rangka Atap, Plafon. Hub: 031-77257752, 085725690888 hw*8/5-9/6/14

fn*20/4-21/5/14

DIJUAL RUMAH JAWA, Pojok, Tingkat, Full Bangunan, Sukolilo Dian Regency Bahagia 2/2, Prospek Bagus dekat Tol Merr Kenjeran - Juanda, 4KT, 2KM, Dekat Apartemen DR, dkt Kolam Renang, Taman Bermain Anak, Lingkungan Nyaman, Damai, Tenang, Bisa utk Kantor, Usaha, Rumah Tinggal. Hub: 085234339713

up*20/5-20/6/14 up*13/5-14/6/14

up*17/4-18/5/14

fn*25/4-26/5/14

JUAL CEPAT TANAH Kav Daerah Sukodono Siap Bangun, 100 m dari Jln Raya, Lebar Jalan 5m, Harga 50 Jt-an Free Biaya Balik Nama Includ Biaya Notaris, SHM. Hub: 031-71615289, 34256868, 77040711 Hanya Bulan ini up*24/4-24/5/14

JUAL / OPER KREDIT RUMAH Perum Bumi Papan Selaras, Wonoayu, Perbulan / 750 Rb, Harga 176 Jt Nego. Hub: 083830924154 up*17/5-17/6/14

JUAL RUMAH Griya Candra Mas FB-24 Sedati, Lt.220 Lb.180, 4 KT, 2 KM, Lok: Depan Hub: 085336610111 up*17/5-17/6/14

DIJUAL RUMAH Type 27 SHM Uk.4,5m X 6m Harga 90 Juta Bisa Diangsur, Lokasi Dusun Dukuh Ngares Rejo Sukodono Sda. Hub: 031-72427171, 085733248871

DIBUKA KAVLING BARU, Prospek Bagus, Lok: Timur UPN Cash & Kredit Hub: 081331177012, 031-77084945

JUAL RUMAH Manukan Sikatan Gg Lebar No.15, 3KT, 1KM, Garasi, L.10x25 m2, Harga 1,1 M Nego Hub: 031-71162527, 082331758999

fn*10/5-11/6/14

hw*14/5-15/6/14

up*23/4-23/5/14


HARIAN BANGSA

SELASA, 20 MEI 2014

8

Tingkatkan Output Pelayanan Publik

Bupati Bondowoso Lantik 177 Eselon II, III, dan IV Bondowoso-HARIAN BANGSA Sed ikitnya 177 orang pejabat struktural Eselon II, III dan IV diambil sumpah dan dilantik Bupati Bondowoso, Drs. H. Amin Said Husni di Pendopo Kabupaten, Senin (19/5). Pelantikan digelar dengan tujuan untuk merefresh para pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Bondowoso guna meningkatkan kinerja sebagaimana yang diharapkan oleh masyarakat. Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan agar seluruh pejabat, khususnya yang telah dilantik agar berempati terhadap masyarakat, guna menangkap nurani dan aspirasi masyarakat. Selain itu, orang nomor satu di Pemkab Bondowoso ini juga meminta agar pejabat yang menempati posisi baru melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh sesuai aturan yang ada, demi kepentingan masyarakat dan kemajuan pembangunan di Kabupaten Bondowoso. “Laksanakan tugas-tugas kalian dengan tulus dan ikhlas, serta tawakkal kepada Allah S.W.T. Karena jabatan bukan semata-mata hanya

Bupati Amin saat penanda tanganan SK bagi Pejabat Eselon I, II, dan III urusan duniawi saja,” ujar Bupati Bondowoso Drs. H. Amin Said Husni, kemarin (19/5). Menurutnya, pada prinsipnya mutasi tersebut itu adalah bagian dari proses penyegaran sebuah organisasi pemerintahan. ''Kami berharap dengan jabatn yang baru ini, mampu menjalankan amanah serta penuh tanggungjawab dan mand iri demi kemajuan Bondowoso kedepan,'' imbuh pria

asal Pulau Madura ini yang telah mampu memimpin Bondowoso Priode yang kedua. Bupatai menambahkan, yang harus dipahami adalah penempatan pejabat yang dilakukan bukanlah tanpa pertimbangan yang tepat, dengan begitu diharapkan dengan dilakukannya mutasi ini menjadi sarana untuk meningkatkan karier dan kinerja pegawai. “Mutasi dan rotasi ini tidak lain

Bupati Bondowoso saat melantik salah satu Camat Asnawi Sabil sebagai Camat Jambesari Darus Sholah adalah untuk penyegaran bagi pejabat structural Pemerintah Kabupaten Bondowoso, artinya mutasi ini dilakukan dalam rangka peningkatan "out put" pelayanan publik,” tambahnya. Selain itu, menurut Bupati sesuai dengan grand design Reformasi Birokrasi dengan rencana aksi 9 program percepatan reformasi birokrasi yang salah satunya adalah program sistem promosi PNS secara terbuka.

”Ini dalam rangka untuk lebih menjamin para pejabat struktural memenuhi kompetensi jabatan yang diperlukan oleh jabatan yang dipangkunya, sehingga perlu diadakan promosi PNS atau pengisian lowongan jabatan berdasarkan sistem merut dan terbuka dengan mempertimbangkan kesinambungan karier PNS yang bersangkutan,” tandasnya Sedangkan untuk promosi pejabat administrasi da pejabat fungsional

PNS dilingkungan pemeritah Kabupaten Bondowoso, dilakukan oleh pejabat pembina kepegawaian setelah mendapat pertimbangan tim penilai kinerja PNS. ”Ini sudah sesuai dengan undangundang nomor 8 tahun 1974 tentang pokok-pokok kepegawaian sebagaimana telah diubah dengan undangundang noor 43 tahun 1999, sepanjang tidak bertentangan dengan undangundang no.5 tahun 2014,” imbuhnya Selain itu, disinggung pula oleh Bupati, bahwa batas pensiun usia pensiun Pegawai Negeri Sipil, berdasarkan Peraturan Pemerintah no. 32 tahun 1979 tentang pemberhentian pegawai Negeri Sipil. Serta Peraturan Pemerintah no. 63 tahun 2010 batas usia pensiun Pegawai Negeri Sipil secara umum ditetapkan dengan usia 56 tahun masih dapat diperpanjang untuk jabatan struktural dan fungsional tertentu. ”Untuk eselon I dan II yang menjadi pejabat struktural usia maksimal untuk pensiun adalah 60 tahun, sedangkan untuk pejabat administrasi/ eselon III kebawah dan atau pejabat fungsional umum adalah batas usia pensiun 58 tahun,” ujarnya. (gik/adv)

Soal TPP, Sekda Berdalih Salah Rekening

Dewan Panggil Dindik dan DPKD Situbondo-HARIAN BANGSA Dugaan adanya rekening ilegal untuk menampung dana Tunjangan Profesi Pendidik (TPP) atau seritfikasi guru di Dinas Pendidikan (Dindik) Situbondo, memantik reaksi masyarakat. Pasalnya, akibat praktik tersebut, pencarian dana TPP terhambat. Zeiniye, Ketua DPRD Situbondo, mengaku mendapat sejumlah pengaduan dari masyarakat lantaran pencairan kuartal pertama seharusnya sudah direalisasikan bulan April lalu.

Dalam waktu dekat, Zeiniye akan memanggil Diknas beserta Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) untuk melakukan hearing terkait dugaan rekening ilegal tersebut. “Bagian isu ini akan menjadi bagian kami untuk bergerak cepat satu dua hari ini untuk memanggil Dinas Pendidikan dan DPKD,” ujar Zeiniye saat ditemui di ruangannya, kemarin (19/5) Menurutnya, keterlambatan penyaluran dana sertifikasi guru hampir terjadi setiap tahun. hal tersebut kata dia bukan semata-

mata karena persoalan teknis, karena jika persoalan teknis harusnya hanya terjadi pada tahun pertama. Zeiniye menjelaskan, berdasarkan struktur, logikanya pencairan angaran seharusnya ada ijin Bupati terlebih dahulu sebelum melakukan pembukaan rekening. “Bukan buka rekening dulu baru ijin kepada bupati. Karena penanggungjawab pengelolaan keuangan daerah ada di Bupati,” katanya. Sementara, Syaifullah Sekretaris

Daerah (Sekda) Pemkab Situbondo saat dikonfirmasi membenarkan belum dicairkannya dana TPP kepada para guru penerima dikarenakan masih terjadi kesalahan pada rekening. “Karena ada kesalahan penempatan rekening, sehingga sesuai dengan rekomendasi BPK harus ada ijin dari Buptati. Sekarang sudah disusun Insya Allah besok sudah ditandatangani,” ujarnya, kemarin (19/5). Namun, Syaifullah membantah jika keberadaan reke-ning yang dibuat oleh Dindik tanpa seijin

Bupati tersebut dikatakan menyalahi prosedur. “Tanpa ijin, bukan menyalahi prosedur, artinya ketentuan yang mengatur harus ada ijin, tapi tidak salah karena itu tidak kemudian diselewengkan,” lanjut Syaifullah Syaiful lah menambahkan, dalam waktu dekat dana TPP sudah akan bisa d icairkan karena kata dia, berkas dan persyaratan untuk membuka rekening yang diajukan sudah diparaf oleh dirinya siang tadi dan tingal meunggu ditandatangani oleh Bupati. (had/lan)

PKK Jember Gelar Seminar Pola Asuh Anak dan Pemahaman Ketrampilan Hidup Jember-HARIAN BANGSA Sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Jember terhadap perkembangan anak di daerahnya.Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Jember, menggelar Seminar Pola Asuh Anak/ Remaja dan Pemahaman Ketrampilan Hidup (Life Skill and Parenting Skill) bagi pengurus TP PKK, Pengurus PKK kecamatan, dan anggota Pusat Informasi dan Konsultasi Remaja (PIK-R), di Aula PB. Sudirman Kantor Pemerintah Kabupaten Jember, Senin (19/5). Seminar yang berlangsung hanya sehari ini, menghadirkan pembicara Suhad i Fad jaray.Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kelompok Kerja (Pokja) I TP PKK Kabupaten Jember. Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para pengurus PKK akan pentingnya pola pembinaan anak, di dalam keluarga. “Pembinaan dalam Keluarga merupakan dasar fundamental dalam pembinaan anak,” kata Wakil Ketua II TPP PKK Kabupaten Jember, Hamdanah Ustman. Hamdanah mengatakan, bahwa tingginya angka kenakalan remaja, seperti penyalahgunaan narkoba,

Wakil Ketua II TPP PKK Kabupaten Jember, Hamdanah Ustman saat memberikan pemaparan di hadapan peserta seminar tentang Pola Asuh Anak dan Pemahaman Ketrampilan Hidup. foto: yudi indrawan/HARIAN BANGSA

dan seks bebas, menjadi keprihatinan tersendiri bagi pengurus TP PKK Jember. Pasalnya, anak-anak dan remaja merupakan asset masa depan bangsa. Terkait hal itu, perlu ada upaya untuk membenahi pola pendidikan anak dan remaja untuk mempersiapkan generasi berprestasi di masa mendatang. “Ketika terjadi kenakalan remaja, maka muncul pertanyaan, apakah lingkungan pergaulan anak-anak yang salah, ataukah cara pembinaan anak dalam keluarga masih kurang tepat?” ujar Hamdanah Ustman. Menurutnya, orang tua tidak boleh hanya bisa menyalahkan anaknya atas berbagai kenakalan remaja yang terjad i. Namun, perlu adanya introspeksi atas pola pembinaan anak yang telah dilakukan dalam

keluarga. Orang tua tidak boleh terlena dengan kesibukannya sendiri, dan mengganti perhatian kepada anaknya dengan materi. Karena, anak-anak tentunya sangat membutuhkan cinta dan kasih sayang orang tuanya, yang tidak dapat digantikan dengan materi apapun. TP PKK Kabupaten Jember, lanjutnya, mencoba untuk memulai membentuk keluarga sebagai lembaga yang menanamkan nilainilai pend idikan kepada anakanaknya, mulai dari aqidah, syariah, dan akhlak. ''Sehingga keluarga mampu mengantar anak-anaknya menjadi generasi muda yang tangguh, berkarakter, berkepribadian yang unggul, kreatif, dan inovatif. "Jelasnya, (yud/adv humas)


9

HARIAN BANGSA

SELASA, 20 MEI 2014

Komisi A Berguru Ke Lombok Pelajari Penghapusan Aset Gresik-HARIAN BANGSA Banyaknya aset milik Pemkab Gresik yang tidak terpakai namun dibiarkan mangkrak karena Pemkab Gresik kesulitan lakukan penghapusan, mendapat respon serius DPRD Gresik. Komisi A DPRD Gresik yang membidangi hukum dan pemerintahan menginginkan agar aset-aset yang tidak terpakai tersebut dihapus. “Keberadaan aset-aset yang tidak terpakai tersebut sangat membebani keuangan APBD. Sebab, dari sebagian aset yang sudah tidak terpakai tetap membutuhkan anggaran untuk biaya perawatan,” kata Ketua Komisi A DPRD Gresik, Jumanto SE. Menurut Jumanto, Pemkab Gresik memiliki ribuan aset yang tidak terpakai. Aset-aset itu baik berupa kendaraan bergerak

seperti mobil, sepeda motor, alat berat, bus, maupun tidak bergerak seperti mebeler dan peralatan kantor seperti komputer, ac dan lainnya. Pemkab Gresik selama ini kesulitan untuk menghapuskan aset-aset tersebut. Terbukti, berkal i-kal i ada rencana penghapusan aset-aset tersebut, namun selalu gagal. Penyebabnya beberapa faktor, mulai terjadinya pro-kontra landasan hukum yang akan mereka gunakan sebagai cantolan untuk penghapusan aset, maupun tidak terjadinya sinergisitas antara SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait. “Makanya, sampai sekarang tidak ada satupun aset yang sudah tidak digunakan bisa dihapuskan. Padahal, kalau aset itu bisa dihapuskan bisa mendapatkan pundi-pundi pendapa-

Nahdliyin Diminta Perjuangkan Aswaja GRESIK-Nahdliyin atau warga Nahdlatul Ulama (NU) diminta terus istiqomah dalam menjaga serta memperjuangkan ajaran ahlusunnah waljamaah (Aswaja). Pasalnya, telah bermunculan golongan Islam garis keras atau islam radikal di Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh KH Marzuki Mustamar ketika memberikan tausiyah dalam peringatan Harlah NU ke 91 yang digelar MWC NU Wringinanom, kemarin. “Saat ini, marak akan berkembangnya gerakan Islam garis keras atau Islam radikal yang menentang dan menyerang ajaran ahlussunnah waljamaah. Kita harus istiqomah dalam menjaga dan memperjuangkan ahlusunnah waljamaah,” ujarnya dihadapan ribuan nahdliyin mulai pengurus MWC, ranting NU, muslimat, fatayat IPNU dan IPPNU Wringinanom. Ditambahkannya, NU harus bangkit dan nahdliyin harus kompak dalam segala bidang. Mulai pendidikan, TPQ dan dakwah maupun ekonominya. (sho/nis)

tan. Malah justeru sebaliknya, tidak dihapuskannya aset-aset tersebut membuat Pemkab terus-terusan mengeluarkan anggaran untuk biaya perawatan,” terang politisi senior PDIP asal Kecamatan Dukun ini. Jumanto menjelaskan, asetaset Pemkab Gresik yang mangkrak, karena tidak kunjung dihapuskan yang nilai jualnya masih tinggi, di antaranya kendaraan roda empat seperti bus, bekas kendaraan dinas dan ambulance. Untuk ambulance jumlahnya sangat banyak. “Sekarang, barang-barang berharga itu teronggok di eks (bekas) kantor Dinas Kesehatan di Jalan Dr wahidin Sudirohusodo. Kondisinya sangat memprihatinkan,” tuturnya. Kemudian, lanjut Jumanto, kendaraan alat berat yang selama ini dimanfaatkan oleh

Ketua Komisi A, Jumanto SE dinas teknis seperti DPU (Dinas Pekerjaan Umum) yang sudah tidak terpakai, namun tidak dihapuskan banyak taronggok di Sub Dinas Kebersihan dan Pertamanan. Aset-aset itu kalau dihapuskan, maka masih laku ratusan juta rupiah. Sehingga,

hasil penjualan itu bisa menambah pendapatan APBD. “Sebetulnya, banyak masyarakat yang tertarik dan bahkan bersedia membeli aset-aset tersebut. Namun, karena Pemkab Gresik selama ini kesulitan mencari cantolan hukumnya dan tidak sinerginya SKPD terkait, maka penghapusan itu tidak pernah terjadi,” ungkap Wakil Ketua DPC PDIP Gresik ini. Untuk itu, Komisi A DPRD, mulai Senin-Rabu (19-21/5), lakukan KKLD (kunjungan kerja luar daerah) untuk berguru soal penghapusan aset ke Pemkab Lombok Timur. Sebab, disana sudah memberlakukan Perda (peraturan daerah), tentang pengelolaan barang mil ik daerah. “Meski perda tersebut di Lombok Timur tergolong baru, namun perda tersebut sa-

ngat efektif digunakan. Sehingga, disana sudah tidak ada aset mangkrak yang tidak terpakai,” katanya. Ditambahkan Jumanto, pascaadanya perda soal pengelolaan barang milik daerah di Lombok Timur, ketika ada aset yang sudah tidak layak, baik aset itu berupa kendaraan seperti mobil, sepeda motor, bus, alat berat dan sejenisnya maupun alat tidak bergerak lain seperti komputer, laptop, ac, dan sejenisnya, langsung dihapuskan. “Sehingga, tidak ada lagi aset yang teronggok mangkrak,” terangnya. Baiknya Pemkab Lombok Timur dalam pengelolaan barang milik daerah, membuat Pemkab Lombok Timur mendapatkan predikat WTP (wajar tanpa pengecualian) dari pemerintah

pusat. Karena itu, Komisi A DPRD Gresik pascalakukan study banding di Lombok Timur, ilmu soal pengelolaan barang milik daerah tersebut akan diterapkan di Kabupaten Gresik. Sebelumnya, DPRD Gresik akan mengusulkan Ranperda (rancangan peraturan daerah) inisiatif tentang pengelolaan barang milik daerah yang didalamnya berupa soal teknis penghapusan aset milik daerah. Sehingga, tidak ada lagi aset-aset Pemkab Gresik yang tidak terpakai mangkrak, sehingga membuat kantor SKPD penuh sesak dengan barang tidak terpakai. “Kami akan terapkan ilmu yang kami dapatkan dari Lombok Timur soal penghapusan aset milik daerah,” pungkas Jumanto. (m syuhud almanfaluty/adv/nis)

Setahun Lebih, Kasus Korupsi Perdin Mandek Lamongan-HARIAN BANGSA Sudah setahun lebih, penanganan kasus korupsi uang perjalanan dinas (perdin) DPRD Lamongan tahun 2012 senilai Rp 3,2 miliar masih mengambang. Padahal dalam kasus ini Kejaksaan Negeri (Kejari) Lamo-

ngan telah menetapkan delapan orang tersangka. Namun hingga kini penyidik belum mampu merampungkan berkas perkara karena terkendala hasil audit Badan Pemeriksa Keungan (BPK). Ketua Lembaga Pengawas Kinerja Pemerintahan, Mukhlas mengungkapkan, perhitungan kerugian negara tidak perlu terlalu menggantungkan hasil audit BPK. Karena cukup dengan bukti dan saksi yang ada bisa terlihat jumlah kerugiannya.

Dia mencontohkan penanganan kasus korupsi yang ditangani Kejari Bojonegoro juga tidak menggantungkan audit BPK. "Alasan itu tidak logis dan terkesan mengambang. Kalau Bojonegoro bisa kenapa Lamongan tidak bisa," ungkapnya. Pernyataan yang sama juga diutarakan oleh Ketua Jatim Corruption Watch (JCW) Muzakin. Dia mengatakan kasus korupsi perdin tersebut seharusnya sudah dilimpahkan ke penga-

dilan. Karena kasus itu kini menjadi perhatian publik. Bila nantinya kasus itu menguap maka kredibilitas Kejari Lamongan dipertanyakan. "Kalau niat memberantas korupsi jangan setengah-setengah," ucapnya. Menanggapi hal itu, Kasi Intelijen Kejari Lamongan Arfan Halim mengakui bila penyidikan kasus korupsi Perd in DPRD 2012 sudah setahun ini lalu belum rampung. Namun dia menyebut salah satu ken-

dala belum dilimpahkan kasus tersebut ke persidangan karena belum mengantongi hasil audit dari BPK. "Kami pinginnya cepat, tapi gak tahu kenapa pihak BPK kok lama," tuturnya. Dia menambahkan, dalam waktu dekat ini pihak Kejari Lamongan akan melakukan studi banding ke kejari lainnya, salah satunya Kejari Bojonegoro untuk belajar tentang cara menghitung kerugian negara tanpa melibatkan lembaga audit negara. (far/nis)

PEMKAB GRESIK DIBANTU MOBIL PERPUSTAKAAN Pemkab Gresik menerima bantuan satu unit mobil perpustakaan keliling dari kontraktor KKKS Migas PGN Saka Indonesia Pangkah Ltd, kemarin (19/5). Mobil jenis Mitsubishi L 300 yang telah dimodifikasi dan dilengkapi koleksi buku sebanyak 1.000 buah dan perangkat IT perpustakaan diterima langsung oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto dari Manager dan Perwakilan CEO PGN Saka Indonesia Pangkah Ltd, Darwis Pahan. Foto : syuhud/HARIAN BANGSA

Sopir Mobil Sehat Dilarang Nyambi Lamongan-HARIAN BANGSA Mobil Sehat akan dilaunching bebarengan dengan Hari Jadi Lamongan ke 445 pada 26 Mei 2014 mendatang. Terkait itu, sopir Mobil Sehat dilarang merangkap sebagai sopir puskesmas keliling (Pusling) dan harus siap selama 24 jam, 7 hari dalam seminggu. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Fida Nuraida saat melakukan Sosial isasi Persiapan Ope rasional Pelayanan Mobil Sehat pada seluruh Camat, Kepala UPT Puskesmas, Bidan dan Kepala Desa yang akan ditempati oleh Mobil Sehat di Ruang Pertemuan Sabha Dyaksa, kemarin (19/5). Fida mengatakan, Mobil

Sehat ini merupakan program unggulan Bupati Lamongan Fadel i untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Lamongan. Pada tahap awal akan diluncurkan 33 unit Mobil Sehat sesuai dengan banyaknya UPT Puskesmas di Kabupaten Lamongan dengan penangungjawab kegiatan Mobil Sehat yakni Camat di wilayah masingmasing. Sedangkan penanggungjawab teknis pelaksana kegiatan Mobil Sehat yakni Kepala UPT Puskesmas,ungkap Fida Nuraida. "Camat dan Kepala UPT Puskesmas selanjutnya diminta mengadakan rapat koordinasi tiap bulan untuk membuat jadwal kegiatan Mobil Sehat. (ais/nis)

JASA TOUR & TRAVEL

KURSUS/PENDIDIKAN

Y

PENGOBATAN

Yasco Training Center Jl. Raya Ngagel No. 163 Sby Telp. 031-70997550 Hp. 081 5531 57679 Fax. 031-8297934

Kesempatan mengikuti Training untuk membuka LAPANGAN KERJA dalam Bidang: 1. Montir Mobil. 2. Montir Diesel. 3. Montir Sepeda Motor. 4. Montir AC / Kulkas. 5. Montir Dynamo. 6. Montir TV/ Elektronika. • • • • • • ` `

hw*20/5-20/6/14

JASA

SEDOT WC

“KASA” JASA BUAT LAPORAN PAJAK, Sistem ADM Keuangan & Privat Akuntansi / Pajak Utk Umum, Mahasiswa & Siswa (Teori / Praktek / Training) Telp. 085230477909, 0818562318, 085730101369

SUMBER LANCAR Ahli Atasi Saluran Air, WC, dll. Mampet Tanpa Bongkar, Juga Terima Sedot WC Hub: 031-70770046, 71023046, 08179396676

hw*12/5-13/6/14

JASA PEMASANGAN INSTALASI LISTRIK Hubungi: 031-71181041, 083831856914 up*26/4-29/5/14

SHOOTING VIDEO & FOTO, Video 800 Rb, Foto 350 Rb / Roll. Hub: 031-78138567, 081805034567 - PinBB 768EOE8E

hw*8/5-9/6/14

“ANUGRA” Atasi Saluran Mampet, WC Septictank Cepat Penuh, dll. Hub: 03188277922, 79653490 hw*18/5-18/6/14

PERCETAKAN

up*26/4-27/5/14

KEFIR SUSU FERMENTASI Sembuhkan Stroke, Diabet, Kanker, Jantung, Kolesterol, Alergi, Terbukti. Pemesanan Hub: 03170607440, 085732619070 hw*9/5-10/6/14

PARANORMAL

Gratis Baju Kerja & Bahan Praktek Rombongan baru Tgl. 3 Setiap Bulan fn*6/5-7/6/14

up*20/4-20/5/14

KURSUS/PENDIDIKAN

up*25/4-25/5/14

LBB BESTPEC Privat & Kelas TK, SD, SMP, SMA/K, Program sampai UNAS 2015 utk yg SD kelas 6, SMP kelas 9, SMA kelas 12 Dijamin Lulus dg Nilai Rata2 Min 8,5 Akunt, Kompt, Musik, Gbr, dll. 031-70404320 / 085707670004 Cari Guru TK-SD All Mapel, SMP-SMA (Mafia), B.Ingg, Sosiologi, Akuntansi, Geografi, Sejarah, dll.

ANGKUTAN PINDAHAN, Rumah / Kantor, dll. Dalam Kota / Luar Kota Hub: 0318470310, 70740990 hw*9/5-10/6/14

SEDOT WC hw*16/5-16/6/14

hw*9/5-10/6/14

PERCETAKAN

JASA fn*4/5-5/6/14

up*6/5-7/6/14

fn*10/5-11/6/14

hw*26/4-28/5/14

MENGERJAKAN : Bore Pile, Bor Sumur Mesin / Manual, Sumur Resapan, Bor Arde Hub: Bp. Purnomo Telp. 031-77503322, 081234678611, 085748666611

BIMA SEDOT WC Limbah Lumpur Hub. 031-3291975, 08123002134 Melayani Luar Kota

hw*9/5-10/6/14

fn*26/4-28/5/14

fn*6/5-7/6/14

“TERIMA ONGKOS CETAK 1/2 PLANO” Full Colour Uk: 64x46, Cepat dan Murah, Juga Melayani Cetak Buku, Kalender, Bulletin, Packaging, Nota, Kaos, Banner, Stiker, Poster, Cont.Form, dll. Hub: 031-70475803 hw*30/4-2/6/14


HARIAN BANGSA

SELASA, 20 MEI 2014

10

Disegel, Kerjakan US di Ruang Triplek Pengumuman UN SMA Koordinasi dengan Polres Sumenep – HARIAN BANGSA Pelaksanaan Ujian Sekolah (US) Nasional SD di kawasan kepulauan, Sumenep, diiringi suasana mengenaskan. Sebagian siswa SD peserta US di kawasan jauh ibu kota kabupaten itu harus mengikutinya dengan fasilitas penuh kekurangan dan tak nyaman. Seperti siswa peserta US di SDN Duko 3, Kecamatan Arjasa (Pulau Kangean). Sebanyak 15 siswanya terpaksa mengikuti US d i sebelah rumah penjaga sekolah yang terbuat dari triplek. Itu terpaksa dilakukan karena gedung sekolah mereka

disegel orang yang mengklaim sebagai pemilik lahan sekolah. Kepala Dinas Pend id ikan Sumenep Achmad Shadik mengakui pelaksanaan US yang dimulai Senin (19/5) kemarin, siswa di SDN Duko 3 terpaksa mengikuti ujian di ruangan apa adanya. "Kita sudah siapkan ruangan semi permanen di sebelah rumah penjaga sekolah. Meski terbuat triplek tapi kondisinya bagus,” katanya, Senin (19/5). Shadik berharap, persoalan SDN Duko 3 itu tidak sampai mengganggu pelaksanaan Ujian Sekolah. ”Persoalan tanah SDN Duko 3 sudah proses pengadilan,

Siswa SD mengerjakan Ujian Sekolah. foto: antarajatim.com

tapi hingga saat ini belum ada keputusan pengadilan,” terangnya. Shadik menjelaskan, lambannya penyelesaian lahan SDN Duko 3 disebabkan warga yang mengklaim sebagai pemil ik lahan meminta ganti rugi Rp 350 ribu per meter persegi dengan luas lahan 1.277 meter persegi. ”Uang ganti rugi itu kami nilai sangat tinggi, sehingga sulit dipenuhi. Total dana kalau mengacu pada permintaan itu sebesar Rp 495 juta,” tuturnya. Untuk diketahui, Ujian Sekolah bagi siswa kelas VI SD berlangsung sejak 19-21 Mei 2014. ”Mudah-mudahan US ini berjalan

lancar dan aman,” harapnya. Sementara itu, menjelang kelulusan UN tingkat SMA, Dinas Pendidikan (Dispendik) Sampang berkoord inasi dengan pihak keamanan untuk pengamanan di setiap sekolah dan titik keramaian. Itu dilakukan guna menghindari adanya perayaan kelulusan siswa dengan melakukan konvoi di jalan dan corat-coret baju. Dispendik Kabupaten Sampang akan menyampaikan melalui kepada orang tua atau wal i murid melalui amplop dan website sekolah. Kepala Bidang Kurikulum Disdik setempat Arif Budiansor mengatakan, pihak-

nya sudah berkoordinasi dengan seluruh Kepala Sekolah SMA dan SMK di Sampang. Hasil koordinasi disepakati pengumuman hasil UN akan dilakukan Selasa (20/5) hari ini, dimulai pukul 13.00 WIB. ”Kami sudah mengkoordinasikan ke pihak kepala sekolah kalau kelulusan akan di umumkan melalui amplop dan website,” jelasnya Disamping itu, terang Arif, pihaknya juga berkoordinasi dengan Polres dan Satpol PP setempat untuk meminta pengamanan di setiap sekolah dan beberapa titik keramaian. (nit/jun/sal)

PKL di salah satu sudut kota di Pamekasan. foto: rizal/HARIAN BANGSA

Masa Penilaian Adipura, Kesulitan Menata PKL Pamekasan – HARIAN BANGSA Pemerintah Kabupaten Pamekasan mengaku kesulitan untuk melakukan penataan pedagang kaki lima (PKL) yang berada di berbagai titik di wilayah itu. Bupati Pamekasan Achmad Syafii mengatakan, meskipun pihaknya berusaha untuk menertibkan dengan tegas, tetapi PKL tetap saja memaksa dan tetap kembali ke tempat yang telah dilarang. “Saya sudah perintahkan untuk ditertibkan dan tunggui sampai satu bulan, tetapi tetap saja mereka kembali lagi,” katanya kepada sejumlah wartawan, Senin (19/5). Ia berpikir mencari solusi lain dengan membangun tempat PKL terpusat. Sekda Kabupaten Pamekasan Alwi juga mengatakan hal sama. Menurutnya, PKL merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari pertumbuhan kota. Hampir semua kota di negeri ini PKL menjamur. Munculnya PKL menjad i persoalan yang sangat sulit diselesaikan. Bahkan, kata Alwi, saat menjadi Kasatpol PP, ia telah berusaha keras untuk menertibkan PKL liar, termasuk membantu memfasilitasi agar PKL tertata dengan baik, tetapi PKL yang berjualan di beberapa titik kota gerbang salam itu susah untuk diatur. “Bahkan kita pernah bantu gerobak, tetapi malah bannya dicopot. Seandainya mereka mau memakai gerobak, tentu lebih baik. Tetapi PKL kita enggan memakau gerobak, bahkan setelah ban grobaknya dicabut malah grobaknya dicor,” tuturnya. (pmk-1/sal)

Sejumlah wartawan dari Alians Jurnalis Sampang (AJS) beraksi mengecam kekerasan terhadap jurnalis, yang menimpa wartawan di Pamekasan, dua hari lalu. foto: rri.co.id

Dua Inkumben Calon KPU Sumenep Tak Lolos Timsel calon KPU Sumenep melaksanakan rapat pleno terbuka. foto: kpudsumenepkab.go.id

Sumenep – HARIAN BANGSA Tim seleksi (timsel) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep akhirnya menuntaskan seluruh tahapan dengan menentukan peserta yang masuk 10 besar. Hasil rapat pleno penetapan itu diketahui, dua calon inkumben, Moh Ilyas dan Ali Fikri, tidak lolos 10 besar. Ketua Timsel KPU Sumenep, Ibnu Hajar, menjelaskan, penetapan 10 besar peserta calon KPU itu merupakan rekapitulasi hasil scoring dari seluruh rangkaian tes. ”Kami bisa mempertanggungjawabkan penentuan 10 besar peserta tersebut. Pengumuman 10 besar

calon KPU Sumenep setelah melalui proses tes wawancara sesuai skoring nilai,” katanya, Senin (19/5). Ibnu mengungkapkan, terkait tidak masuknya dua calon incumben itu bukan tidak kompeten, melainkan hasil nilai tes wawancara tidak mencapai standart. “Kebetulan hasil tes wawancara dua incumbent KPU itu dibawah standart. Jadi, kami tidak bisa mengangkat nilai mereka,” ungkapnya. Menurut Ibnu, penetapan 10 orang itu mengacu pada PKPU nomor 02 tahun 2013 tentang seleksi anggota KPU. “Jadi tidak ada permainan apapun sebagaima-

na diisukan banyak pihak,” terangnya. Adapun ke-10 besar calon anggota KPU Sumenep, adalah A. Waris, Abdul Hadi, Ach Novel, Ach Zubaidi, Hafid, Helmi Efendi, Kurniadi, Malik Mustafa, Rahbini dan Rifa’i. Di Bangkalan, 10 calon tersingkirkan dalam tes wawancara yang digelar di Hotel Ningrat, Sabtu (17/5). KPU setempat juga sudah menetapkan calon yang masuk 10 besar. ”Sepuluh calon komisioner yang berhasil, berhak mengikuti fit and proper test yang akan digelar oleh KPU Jatim," ungkap Ketua Timsel anggota KPU Bangkalan Syafik. Ia menjelaskan, dalam tahapan tes wawancara ada 4 kategori penilaian. Di antaranya terkait kemampuan kepemliuan, perundangan-undangan, aksebilitas, dan kapabilitas. "Kami lebih menilai pada aspek kapabilitas dan aksebilitas sesuai dengan masukan dari masyarakat," jelas Syafik. Syaiful Ismail, salah seorang dari 10 calon komisioner yang lolos tahapan wawancara mengatakan, masyarakat masih memberikan dukungan terhadap dirinya kembali menjadi Anggota KPU Bangkalan. "Terima kasih, masyarakat masih percaya saya,” ujarnya. (nit/sur/sal)

Antisipasi PSK Dolly Migrasi ke Pamekasan Pamekasan - HARIAN BANGSA Pemkot Surabaya berencana menutup lokalisasi Dolly 19 Juni mendatang. Ada beberapa dampak yang diperkirakan akan terjad i. Di antaranya bermigrasinya para pekerja seks komersial (PSK) di lokalisasi yang konon terbesar se-Asia Tenggara itu ke daerah-daerah lain di Jatim. Pemkab Pamekasan menyadari imbas migrasi PSK dari penutupan Dolly itu. Khawatir menjad i salah satu daerah sebaran mantan PSK Dol ly, pemkab melakukan langkahlangkah antisipatif. “Tentu kita sama-sama berharap agar kegiatan-kegiatan seperti itu bisa kita antisipasi,” kata Alwi, Sekda Kabupaten Pamekasan, Senin (19/5). Langkah pertama, kata Alwi, pemkab akan menyusun raperda soal aktivitas pelacuran. Adapun langkah jangka pendeknya adalah melakukan sweeping d i tempat-tempat

PSK dan HIV-AIDS. ilustrasi yang biasa dijadikan tempat mangkal para penjaja syahwat, termasuk kos dan hotel. ”Cuma masalahnya yang terselubung sulit dilacak,” ujarnya. Pemkab, lanjut Alwi, akan melakukan sosial isasi secara tertul is kepada seluruh pengelola kos-kosan dan hotel agar tidak menyalahgunakan ijin usahanya. ”Nanti kita akan buat pengumuman secara tertulis, kepada pengelola itu, diharap untuk tidak menyalahgunakan

ijin,” tegasnya. Untuk memaksimalkan langkah antisipasi itu, Alwi meminta masyarakat Pamekasan ikut berperan aktif. Apabila menemukan aktivitas-aktivitas mencurigakan yang berbau maksiat, segera menginformasikan ke pihak terkait. ”Pemerintah dalam hal ini tidak bisa sendirian. Tentu peran serta semua pihak termasuk masyarakat sangat dibutuhkan,” pinta Alwi. (pmk-1/sal)

Pamekasan – HARIAN BANGSA Tunjangan profesi pendidik(TPP) 3.396 guru Pamekasan di triwulan pertama 2014 belum cair. Ini membuat banyak guru penerima TPP di sana risau. Sebab, kabar yang mereka terima, TPP di daerah lain di Jatim sudah cair. Mengkonfirmasi itu, kemarin (19/5) sebanyak 13 Ketua Persatuan Guru Repulik Indonesia (PGRI) se Pamekasan mendatangi Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset (BPKA), Pamekasan, di Raya Nyalaran. Mereka mempertanyakan kenapa dana TPP me-

reka, seluruhnya sebesar Rp 55 miliar, tidak cair. Ketua Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) PGRI Kabupaten Pamekasan Mohammad Ismail mengungkapkan, seharusnya dana TPP milik guru pemegang sertifikasi di Pamekasan sudah cair pada April 2014 lalu. Namun, hingga memasuki minggu ke 4 Mei 2014 belum juga cair. Padahal, seluruh berkas persyaratan sudah lengkap. Ismail menambahkan, 3.396 guru yang belum menerima TPP terdiri atas guru TK, SD, SMP dan SMA. Besarnya dana TPP per

ilustrasi

Tunjangan Tak Cair, Ribuan Guru Pamekasan Risau triwulan ini bervariasi, tergantung golongan. Untuk guru golongan III, berkisar Rp 7 juta sedang untuk guru golongan VI berkisar Rp 9 juta. Menurut Imail, ia dan ketua PGRI cabang se Pamekasan terpaksa datang ke kantor BPKA, karena beberapa kali mendatangi Dinas Pendidikan (Dispendik) Pamekasan, hanya dijanjikan dengan alasan pencairan itu masih menunggu dari BPKA. “Kami terpaksa datang ke kantor BPKA ini, karena kami sudah bolak-bali tanya ke bagian keuangan d i kantor Disid k Pamekasan, katanya dana

belum cair dari kantor ini. Kami minta kejelasan dan kepastian, kapan dana TPP kami dicairkan, karena guru-guru d i bawah sudah resah,” ungkap Ismail. Sementara itu, Kelapa BPKA Kabupaten Pamekasan Taufikurrahaman mengatakan, kewengannya dirinya hanya mencaikan dana, setelah mendapatkan perintah Disdik Pamekasan, berupa Surat Perintah Membayar (SPM). Baru setelah itu pihanya mengeluarka surat perintah pencairah dana, TPP yang berada d i kas daerah dicairkan ke rekening disdik. Diakuainya, salah satu kendala

belum cairkan TPP di Pamekasn, masih banyak berkas milik guru yang diajukan yang salah. Di antaranya SK yang diminta BPKA dengan yang diserahkan ke BPKA keliru sehingga perlu diperbaiki. Ini diketahui setelah dilakukan verifikasi di BPKA. Kini, jelas Taufik, hasil verifikasi 3.396 guru telah diserahkan ke Dispendik dan tiggal menunggu SPM. Setelah itu baru dikeluarkan surat perintah pencairan dana ke bank. Proses pencairan sendiri dari bank membutuhkan waktu tiga hari. Dia meminta guru penerima TPP bersabar. (sur/sal)


11

HARIAN BANGSA

SELASA, 20 MEI 2014

Belum Boleh Dijenguk, Olga Terbaring Koma? Jakarta-HARIAN BANGSA Dua pekan terakhir ini masyarakat ramai membicarakan kondisi kesehatan Olga Syahputra. Namun, sampai saat ini, kabar kondisi Olga yang tengah d irawat d i Singapura masih simpang siur. Agar bisa beristirahat dengan total, sejak dibawa ke Singapura Olga tidak diizinkan dijenguk dulu. Bahkan, para sahabatnya pun belum menjenguk presenter kemayu itu. (Baca: Glenn Fredly Ajak Para Artis Doakan Olga Sembuh) "Pengin sih jenguk, tapi mesti tanya keluarga dulu, sekarang kan belum bisa d ijenguk. Mudah-mudahan enggak banyak yang jenguk," ujar Pica Priscilla, saat dijumpai di Studio 4 RCTI, Jakarta, Senin (19/5/2014). Senada dengan Pica, para sahabat Olga lainnya belum mengetahui secara detail perkembangan kesehatan presenter Dahsyat yang diinformasikan terjangkit meningitis. "Kita belum tahu, belum ada perkembangan," ujar Luna Maya, sambil masuk ke mobilnya. "Kita belum tahu pasti ya, keluarganya Olga mungkin yang lebih tahu," tandas Denny "Cagur". Setelah dirawat intensif di RSPI, Jakarta Selatan, awal Mei ini Olga dirujuk menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Mount

Olga masih terbaring sakit. Elizabeth, Singapura. Dokter yang menanganinya terakhir kali di RSPI, dr. Rubiana, menyatakan Olga menderita meningitis atau radang selaput otak. Olga saat ini d ikabarkan masih terbaring d i sebuah Rumah Sakit di Singapura, dan belum ada informasi sampai kapan d ia akan d irawat d i Negeri Singa itu. Apa yang sesungguhnya terjadi pada Olga? Benarkah meningitis pada tahap terparah bisa menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran (koma)? Informasi yang diperoleh pun simpang siur, Billy Syahputra mengungkapkan kondisi kakaknya sudah membaik, dan

keluar dari ruang ICU. Informasi tersebut bertentangan dengan Raffi Ahmad. "Sampai saat ini kami masih menunggu kabar dari mbak Vera (manajer Olga). Jika memang kondisi Olga membaik, dan kami bisa menjenguk, saya dan sahabat Olga lainnya segera ke Singapura," ungkap Raffi, beberapa waktu lalu. Beberapa sahabat Olga, seperti Edric Tjandra, Ayu Dewi, dan lainnya pun sudah datang jauh-jauh ke Singapura, tapi tidak bisa menjenguk komedian kocak itu. (Baca: Biar Sembuh, Pipik Sarankan Olga Perbanyak Zikir) Kond isi Olga masih mis-

terius. Bahkan, seperti dikutip dari Bintang, keberadaannya di Rumah Sakit Mount Elizabeth pun masih misteri. Ada yang melihat Olga dirawat, namun pihak rumah sakit menyangkal keberadaan pasien bernama Olga. Kemungkinan d ia terdaftar atas nama lain. Penjagaan berlapis, akses informasi terbatas, menyelimuti misteri kondisi Olga. Namun, masih banyak orangorang Indonesia yang berobat ke rumah sakit tersebut meyakinkan, dan menyatakan Olga dirawat intensif di ruang ICU lantai 3 Rumah Sakit Mount Elizabeth. Mereka menyebutkan, Olga masih koma di ruang ICU lantai 3 Rumah Sakit Mount Elizabeth. Tapi, mengenai koma atau tidak, belum dapat d ipastikan kebenarannya. Karena tidak ada pernyataan resmi dari dokter yang menangani maupun suster yang bertugas. Sementara di data komputer rumah sakit, nama Olga bahkan tidak terdaftar. Baik d i Jakarta maupun Singapura, Olga, keluarga, dan manajemennya betul-betul menutup rapat dan memberi penjagaan ketat atas Olga. Mungkin dia butuh istirahat total, atau memang ada sesuatu yang sangat serius tentang penyakitnya. (dur/dth/okz)

JK Wakili Warga NU PKB Bantah Buang Rhoma-Mahfud Jakarta-HARIAN BANGSA Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Imam Nahrawi membantah telah "membuang" Rhoma Irama dan Mahfud MD sebagai kand idat calon presiden (capres), setelah partainya resmi menyatakan dukungannya kepada Jusuf Kal la (JK) untuk menjad i cawapres dari Joko Widodo (Jokowi). Menurut dia, diusungnya JK merupakan kesepakatan dari pertemuan yang d igelar semalam di rumah Jokowi, di Menteng, Jakarta Pusat. Dalam pertemuan itu, penetapan cawapres telah did iskusikan dan d imusyawarahkan secara bersamasama dengan semua partai mitra koalisi. "Itu (penetapan JK) pembicaraan dari awal dengan Bu Mega (Ketua umum PDIP) dan

Kerahkan... Sambungan dari halaman 1 Pertama, penghematan anggaran pemilu. Lalu kedua, menurut dia, partai koalisi bisa lebih cepat mengonsolidasikan penyelesaian masalah kerakyatan di pemerintahan. "Ketiga, pemilu satu putaran bisa mengurangi rasa lelah masyarakat terhadap hingarbingar dunia politik. Pemilu ini harus menjadi kemenangan rakyat," ujarnya.

Dolly... Sambungan dari halaman 1 Selama aksi, massa berteriakteriak menyebut Risma sebagai anjing kapitalis. Salah satu peserta aksi yang juga warga Putat Jaya Kelurahan Sawahan (tempat Dol ly beroperasi), Anik mengatakan, selama ini warga tidak pernah d iajak bicara oleh Pemkot Surabaya. Pemkot juga tidak pernah memberi solusi jika Dol ly ditutup. Pihaknya menolak penutupan karena warga sekitar Dolly masih menggantungkan hidupnya dari keberadaan lokalisasi. Penutupan Dol ly akan berdampak pada hajat hidup orang banyak seperti pedagang, tukang becak, tukang cuci, tukang parkir dan warungwarung. "Kalau Risma mau menutup, maka harus d iberi waktu. Jangan asal ditutup begitu saja. Sejahterakan dulu kami. Kami tidak pernah merepot kan pemerintah, justru pemerintah yang menindas kami," ujar perempuan yang kemarin mengenakan kacamata hitam

kesepakatan bersama partai koal isi," katanya di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (19/ 5/2014).

Nahrawi mengakui, pengusungan JK, sejatinya telah d icanangkan sejak awal, kendati memang di internal PKB ada beberapa nama yang diusung,

seperti Rhoma dan Mahfud MD. Namun, akhirnya JK yang terpil ih untuk mendampingi Jokowi. Sosok JK juga dianggap mewakil i basis massa PKB yang tak lain merupakan warga NU. "Terpil ihnya Pak JK juga mewakili aspirasi kami (PKB), karena kami ada Pak Mahfud MD, Pak Rhoma Irama, dan Pak JK. Tapi kami senang karena salah satunya sudah terpilih. Ini merupakan representasi dari misi kami," tandasnya. Sementara itu, untuk Rhoma dan Mahfud, dia menyatakan tidak ada niatan PKB membuang dua kand idat capres yang telah berjasa untuk PKB itu. "Terkait dengan nama Mahfud MD dan Rhoma Irama, sama sekali tidak dibuang. Ini adalah proses politik dan ini adalah hasil dari proses politik itu," pungkasnya. (oke/dur)

Selain Jokowi-JK, Pilpres 20142019 diikuti satu pasangan lain, yakni Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa, sehingga pilpres hanya berlangsung satu putaran. Pasangan tersebut dijadwalkan mendaftar ke KPU pada hari terakhir pendaftaran yakni Selasa (20/5). Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar had ir dalam persiapan deklarasi tersebut. Ia menyebut, ada alasan-alasan tertentu partainya mendukung Jusuf Kalla sebagai

cawapres untuk Jokowi. "Yang penting cocok saja kalau cawapres, kemud ian elektabil itasnya tinggi. Lalu orang NU juga," kata Cak Imin, sapaan Muhaimin Iskandar di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, kemarin. Cak Imin menyampaikan harapan lain dari PKB sebagai salah satu partai pendukung poros PDIP berharap bahwa pasangan capres dan cawapres yang akan dideklarasikan hari ini bisa saling mengisi kekurangan masing-masing demi bangsa.

"Yang penting saling mengisi, sal ing menopang, sal ing menutupi kekurangan dalam pemerintahan," terangnya. Cak Imin menambahkan, saat ini PKB dan partai pendukung Joko Widodo lainnya akan ikut mendaftarkan Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai calon presiden dan wakil presiden ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). "Langkah-langkah selanjutkan kami akan mendaftarkan capres dan cawapres ke KPU," tuturnya. (rol/det/dur)

berukuran lebar ini. Anik menegaskan, jika pemkot tetap menutup Dolly pada 19 Juni mendatang tanpa ada solusi sama sekal i, pihaknya akan tetap berpraktik seperti biasanya. Penutupan ini dinilai tidak manusia dan bentuk keotoriteran pemkot. Pemkot tidak pernah memikirkan dampak penutupan. Tidak hanya sisi pendapatan warga, tapi juga soal kriminalitas. Dolly merupakan lokalisasi kelas menengah bawah. Warga yang berpendapatan rendah akan sulit menyalurkan hasrat seksualnya jika tidak ada lokalisasi. Sehingga, kemungkinan kasus-kasus perkosaan dan asul isa juga akan meningkat. "Kami nanti akan menggelar aksi ke wali kota. Kami tidak pernah diajak bicara. Malah kami didatangi tokoh-tokoh agama dan bicara soal moral karena d ianggap Dol ly merusak," terangnya. Sementara itu, dalam dialog antara perwakilan massa dengan Camat Sawahan berlangsung alot. Oleh perwakilan massa, Camat Sawahan,

Muslich diminta untuk menolak penutupan Dolly. Sebab, penutupan akan membawa dampak buruk bagi warga setempat. Sayangnya, Muslich menolak jika diminta untuk menolak penutupan Dol ly. Dia berdal ih bukan kapasitasnya untuk bersikap menolak ataupun menerima penutupan tersebut. "Penutupan ini programnya pemkot, saya sebagai camat hanya memfasil itasi. Jika keberatan adanya razia Dolly, nanti akan saya sampaikan ke pemkot untuk sementara untuk tidak dilakukan lagi. Saya akan perjuangkan agar tidak ada lagi intimidasi terhadap PSK dan warga," ujarnya. Tak puas dengan pernyataan camat, perwakilan massa meminta pada camat dan lurah untuk menulis pernyataan sikap secara tertulis diatas secarik kertas. Permintaan ini d isanggupi oleh camat dan lurah. Di atas secarik kertas, Muslich menyatakan siap memperjuangkan kesejahteraan warga Dolly. "Pernyaan sikap ini tidak jelas. Masak cuman akan memperjuangkan kesejahteraan warga Dolly. Memperjuangkan

kesejahteraan warga itu kan memang sudah tugas camat. Kami minta menolak penutupan atau tidak. Tapi tidak apaapalah. Setelah aksi ini, kami akan menggelar aksi yang lebih besar lagi ke Balai Kota Surabaya untuk menemui Risma," ujar salah satu perwakilan massa, Saputro. Sementara itu, massa yang berada di luar kantor kelurahan terus berorasi. Lantaran tak ada kejelasan pertemuan, mereka berusaha merangsek masuk. Namun lantaran pengamanan yang cukup ketat dari aparat setempat, upaya demonstran ini tak berhasil. Tak lama kemudian, perwakilan massa keluar untuk membacakan hasil perundingan dengan camat dan lurah. "Kami akan terus tagih janji lurah dan camat bahwa mereka akan membela warga. Jika tidak terbukti dan ingkar janji, maka jangan salahkan kami kalau nanti kami akan demo lagi. Pemkot tidak punya alasan untuk menutup Dol ly. Kami akan terus menolak penutupan," kata Saputro yang biasa dipanggil Pokemon. Sekitar pukul 12.00WIB massa membubarkan diri. (lan/dur)

Imam Nahrawi, Sekjen PKB.

JK Diambil PDIP

Ical Akui Ada Dampak Jakarta-HARIAN BANGSA Posisi Jusuf Kala (JK) sebagai calon wakil presiden (cawapres) Joko Widodo (Jokowi) diakui Partai Golkar memiliki dampak. Ketua Umum Gol kar, Aburizal Bakriel (Ical) mengemukakan, dampak tersebut akan dirasakan di daerah di mana JK mendapat tempat di hati masyarakat. "Enggak apa-apa (JK cawapres Jokowi). Dampaknya pasti ada. Terutama di daerahdaerah yang JK populer," kata Ical d iked iamannya, Jalan Mangunsarkoro, Menteng, Jakarta, Senin (19/5/2014). Kendati demikian, Ical mengaku tak khawatir dengan

Anak Kambing... Sambungan dari halaman 1 Ud in santri berotak cemerlang, maka d ia tidak kurang akal dan langsung berteriak-teriak sambil purapura panik. "Innalillahi wainnailaihi raji'un, saya keluarganya, saya

Bahan... Sambungan dari halaman 1 Meskipun, penerapan tersebut sangat terlambat. "Cukup terlambat, tapi bagaimanapun anak kita enggak boleh keracunan karena zat berbahaya tadi," kata Richard saat acara Seminar Menyiapkan IKM Menghadapi Ketentuan SNI Mainan Anak di Gedung Sucofindo (Persero), Jakarta, Senin (19/5/2014). Tidak hanya itu, Richard juga mengungkapkan dengan adanya penerapan wajib SNI bagi produksi mainan anak dapat diikuti oleh seluruh produsen mainan anak, baik dari dalam

Bisakah... Sambungan dari halaman 1 Kedua, volume dosanya sangat besar dan kualitasnya sangat tengik sementara nilai pertobatannya biasa-biasa saja sehingga tidak mengimbangi. Ibarat utang yang berjumlah milyaran, tapi kemampuan membayarannya cuma beberpa juta saja. Meskipun Tuhan maha pengampun, tapi kita mesti tahu diri. Kalau kucuran ampunan terlalu banyak, maka wajar bagi Tuhan mempertimbangkan pengampunan total. Artis yang membagi-bagikan

Ingatkan... Sambungan dari halaman 1 "Semua Capres sudah silaturahim ke PBNU. Peringatan ini untuk semua Capres, jangan memberikan pendidikan politik yang tidak baik ke masyarakat," tegasnya. Ketika d itanya mengenai arah dukungan PBNU, kiai bergelar Doktor lulusan Universitas Ummul Qura', Mekah, tersebut menegaskan netral itas pihaknya. PBNU

Lagi... Sambungan dari halaman 1 "Saat ini otoritas terkait Indonesia sedang melakukan upaya untuk memastikan apakah posisi dugaan pembangunan mercusuar berada di wilayah perairan Republik Indonesia atau Malaysia," jelasnya.

MK... Sambungan dari halaman 1 Pihaknya menilai, norma pasal 236 C UU Pemda yang menyebut, pengal ihan hak penanganan sengketa pilkada dari Mahkamah Agung (MA) ke MK justru mengaburkan fungsi MK. Padahal lembaga tersebut

Sudah Putus... Sambungan dari halaman 1 Kabar ini sebetulnya telah terdengar sejak satu bulan silam. Kala itu, Nikita Wil ly samar-samar menjelaskan keretakan hubungannya de-

Ketua Umum Golkar, Aburizal Bakriel

kondisi seperti ini. "Enggak apa-apa. Bangsa Indonesia kan masih banyak," tukasnya. Seperti diketahui, Jokowi

kemarin mendeklarasikan pasangannya Jusuf Kala sebagai calon wakil presiden di Gedung Joeang, Jakarta. (nas/okz/dur)

keluarganya, mohon minggir, tolong minggir!" Ucap udin sambil mengacungkan jari dan mendesak maju menerobos kerumunan orang-orang tersebut. Orang yang berkerumun pun memandanginya dengan aneh, dan ternyata Udin memang berhasil. Mereka langsung memberi kesempatan kepada

si Udin itu untuk menghampiri korban kecelakaan. Santri itu pun langsung mendekati korban kecelakaan. Betapa terkejutnya ketika Ud in mel ihat dengan jelas korban kecelakaan yang diakuinya sebagai keluarganya itu ternyata adalah kambing. Udin pun kaget dan ketawa meringis. (ahmad rosyidi/nuo/dur)

negeri maupun luar negeri. "Lelang pemerintah mainan harus mengikuti standar. Ini wajib dan dalam prosedur lelang harus masukin SNI. Lelang boleh saja," jelasnya. Richard menambahkan, SNI wajib bagi mainan anak terhadap karakter mainan seperti boneka. Pasalnya, produk mainan anak seperti boneka memiliki karakter yang sudah mempunyai hak cipta. Dirinya pun menyebutkan hanya mengambil satu sample boneka baik yang kecil maupun yang besar. "Ini berkaitan dengan hak cipta dan pengujian gampang nanti di grup ada boneka besar dan kecil sama

satu sample," tambahnya. Richard menjelaskan, pengujian sample tersebut dilakukan lembaga khusus dan barang yang beredar akan d iambil lalu dilakukan uji laboratorium. Selain karakter, pengujian laboratorium ini juga akan dilakukan pengecekan secara detail mengenai bahan baku dan cat yang digunakan. "Kemarin ada perusahaan mainan yang mana tolong rekomendasi cat dan sesuai standar. Tapi dari kita hanya bisa uji lab setelah mainan itu jadi. Kita cuma minta tolong gunakan cat yang benar. Jangan gunakan cat berbahaya," pungkasnya. (rzk/okz/dur)

sedekah bulan ramadan kepada fakir miskin itu bagus. Tapi berapa persen yang d ibagikan d iband ing kekayaannya yang didapat dengan cara menjual maksiat. Penyanyi erotis boleh berkalikali umrah ke tanah suci dan sesekali tampil berkerudung, itu bagus, bagus sekali. Tapi tidak terbukti kalau dia sudah bertobat. Buktinya, masih goyang erotis lagi, berkoget ala pelacur lagi, buka aurat lagi di hadapan umum. Bergoyang maksiat macam itu bukanlah kerja halal menurut syariah islam. Untuk itu, kita d itunutut menghitung-hitung amal kita

send iri sebelum d ihitung Tuhan, kira-kira cukupkah sebagai modal terhindar dari neraka dan d iperkenankan menikmati surga. Sepert i d ilakukan oleh sayyidina Utsman ibn Affan. Suatu hari mencoba menghitung-hitung amal pribadi yang diandalkan bisa mengantarnya masuk surga. Antara lain, dia sebagai menantu nabi. Mosok, dipilih Nabi menjadi menantunya hingga dua kali kok nggak masuk surga. Kedua, promotor penulisan mushaf alQur'an, mensedekahkan sebagian besar kekayaannya di jalan Allah, dan lain-lain. Kita?

memberikan kebebasan kepada Nahd l iyin, sebutan warga NU, untuk memil ih berdasarkan hati nurani dan kriteria yang d itetapkan masing-masing. "Semua Capres sudah silaturahim ke PBNU. Semua kami doakan. NU bukan partai politik, jadi hanya doa yang bisa diberikan. Kami doakan Capres yang bisa menjalankan visi misi kebangsaannya bisa menang," pungkas Kiai Said. Dua Capres yang saat ini digadang-gadang akan berta-

rung, yaitu Prabowo Subianto dan Joko Widodo, sama-sama sudah pernah bersilaturahim ke PBNU dan mengutarakan niatnya untuk maju dalam pemilihan presiden mendatang. Prabowo datang ke PBNU pada akhir 2013 dan ke kediaman pribadi Kiai Said selaku Ketua Umum PBNU belum lama ini, sementara Joko Widodo dalam dua kesempatan datang ke PBNU dengan didampingi fungsionaris PDIP dan jajaran stafnya di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. (nuo/dur)

Tenne pun menegaskan bahwa langkah selanjutnya akan diputuskan setelah hasil dari verifikasi telah keluar. Sebelumnya, dilaporkan Malaysia telah membangun mercusuar di Tanjung Datu, Kecamatan Paloh. Pembangunan mercusuar ini dilihat oleh petugas navigasi perhubungan laut. Mereka memergoki kapal-kapal

Malaysia yang akan menuju perairan dimana mercusuar akan dibangun. Kemungkinan, pembangunan mercusuar tersebut telah melanggar batas wilayah Indonesia. Hingga saat ini, Malaysia dan Indonesia belum menyepakati wilayah perbatasan negara untuk kawasan perairan di wilayah tersebut. (nas/rol/dur)

bersifat l imitat if tak bisa ditambah atau dikurangi kewenangannya. Namun untuk menghindari adanya kevakuman serta ketidakpastian hukum pascaputusan ini, Hamdan menambahkan, MK tetap akan menyidangkan sengketa pil kada sampai ada revisi terhadap UU tersebut. Ia berharap DPR dan

Pemerintah bisa segera menyelesaikannya. "Kalau soal kewenangan penentuan lembaga persidangan yang tangani sengketa pilkada, kami serahkan ke DPR. Itu terserah mereka sebagai pembuat UU, apakah kebalikan ke MA atau buat lembaga baru," ujar dia usai persidangan. (nas/ rol/dur)

ngan Diego Michiels. Namun belakangan Nikita berani mengatakan jika dirinya dan Diego telah putus. Nikita menyebut masih berhubungan baik dengan Diego Michiels. "Nggak ada (masalah). Kami putus baikbaik. Kita bertemu baik-baik,

pisahnya pun baik-baik," kata mantan pemeran dalam sinteron Putri yang Ditukar itu. Nikita membantah kabar yang menyebut keduanya sudah tidak cocok. "Bukan nggak cocok ya, karena kami sudah 2,5 tahun bersamasama," katanya. (lpe/dur)


HALAMAN 12

SELASA, 20 MEI 2014

Jemaah hadrah melakukan ibda' bisysyahri, sebagai salawat pembuka pada Gebyar Ikatan Seni Hadrah Indonesia (ISHARI) dalam rangka Harlah NU ke-91 di halaman kantor PWNU Jatim, Minggu (18/5) malam. Berita terkait baca di halaman 6. foto: nur faishal/HARIAN BANGSA

Jemaah Umrah Minim Info soal MERS Makkah-HARIAN BANGSA Meski Pemerintah Indonesia gencar meningkatkan kewaspadaan bagi warga negara Indonesia (WNI) di Arab Saudi lantaran meningkatnya jumlah korban virus corona Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV), namun banyak WNI terutama jemaah Umrah Indonesia yang minim informasi terkait virus tersebut. Tjarmah Hermana (62) seorang jamaah asal Bandung yang tiba di Makkah pada 28 April, atau sehari setelah kasus meninggalnya, Nurhayati seorang WNI di Rumah Sakit Jeddah akibat virus MERS-CoV mengaku tidak pernah mendengar virus yang dimaksud. "Saya belum tahu, belum pernah dengar," katanya saat di Masjidil Haram. Tjarmah mengungkapkan, minimnya informasi disampaikan tidak hanya oleh Pemerintah, namun juga dari Travel penyelenggara Umrah yang memberangkatkannya. "Yang saya dapat cuma informasi meningitis, sedangkan antisipasi virus baru itu pengarahannya kurang," ungkapnya. (rol/lan)

'Politik Habiskan Tenaga' CALON Presiden dari Partai Gerindra membangun koalisi tidak gampang. Dia harus menghabiskan waktu untuk melakukan penjajakan dengan elite partai lain dan membangun komunikasi politik dengan sejumlah tokoh. Saat deklarasi dengan Hatta Rajasa, Senin (19/ 5), Prabowo mengakui usaha dalam dunia politik menghabiskan tenaga. "Penuh liku-liku, penuh malam yang tanpa Prabowo Subianto tidur, yang melelahkan. Saya mantan prajurit mengakui politik ini lebih melelahkan. Jadi pengalaman saya di tentara belum apa-apa menghadapi pol itik d i Indonesia," ujar mantan Danjen Kopassus itu. Namun di bal ik rasa lelah itu, Prabowo mengambil banyak pelajaran. Ia mengambil pelajaran itu ketika berdiskusi dengan berbagai tokoh, dengan berbagai petinggi partai. "Tokoh pemimpin partai yang saya hadapi, saya lihat kesungguhan itikad keinginan mereka yang ingin berbuat terbaik untuk bangsa Indonesia," kata dia. Dari kesamaan pandangan itulah, Prabowo mengatakan, terbentuklah koalisi. Ia mengakui jalannya harus berliku. (rol/lan)

Rumah Mewah jadi Penangkaran Hewan Kediri-HARIAN BANGSA Sebuah rumah mewah milik Imam Toyib di Kelurahan Bandar Lor, Gang 2B, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur digerebek petugas Polda Jawa Timur. Pasalnya, rumah milik pengusaha itu ditengarai menjadi tempat penangkaran hewan lindung. Dari penggerebekan itu, polisi menemukan sebanyak 15 ekor rusa, terdiri dari 10 ekor betina dan lima ekor jantan, berusia 3-4 tahun. Belasan satwa lindung tersebut ditemukan di kandang, belakang rumah Imam. "Hewan-hewan ini dilindungi. Kami akan membawa ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam Hayati (BKSDA) di Surabaya," ujar Eko, petugas Polisi Hutan (Polhut) di lokasi peng-gerebekan, Senin (19/5). Polisi bersama BKSDA kemudian memasukkan belasan rusa itu ke dalam sebuah bok. Selanjutnya satwa lindung diangkut menggunakan kendaraan truk ke

Fakta Muntiacus Muntjak

Kandang Kijang saat diangkut dari Kediri menuju BKSDA Jatim. Sebanyak 15 Kijang disita dari sebuah rumah mewah di Kelurahan Bandar Lor Kota Kediri. foto: rusmiyanto/HARIAN BANGSA BKSD di Surabaya. Saat penggerebekan berlangsung, pemilik usaha penangkaran tidak ada ditempat, hanya ada seorang pegawai. Namun, apabila pemilik usaha terbukti bersalah, akan dijerat dengan UU No 5 Tahun 1990 tentang perlindungan satwa, ancaman hukumannya 5 tahun penjara dan denda Rp 100 juta.

Sementara Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Awi Setiyono menjelaskan, dalam penggerebekan tersebut pihaknya mengamankan 15 ekor kijang atau rusa (muntiacus muntjak) diamankan Unit I Subdit IV Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Ditreskrimsus Polda Jatim dari tangan Imam Thoyib warga Jl Penanggungan 45

MUNTIACUS Muntjak atau Kijang biasa adalah Kijang yang tersebar di India, Pakistan, Bangladesh, Myanmar, Indocina, Thailand, Malaysia dan Indonesia. Ciri-ciri hewan ini Rambut pendek, coklat atau abu-abu, kadang-kadang dengan bercak berwarna krim. Seekor jantan juga memiliki sepasang tanduk sampai 15 cm, dengan satu cabang yang jatuh dan tumbuh kembali sekali setahun. Ketika ketakutan atau bersemangat, hewan ini akan menyalak, terkadang mampu menyalak lebih dari sejam. Hewan ini adalah omnivora, yang makan buah, daun, rumput, tapi kadang-kadang makan telur dan bahkan serangga. Pejantan spesies ini sering berkelahi di antara mereka sendiri menggunakan tanduk pendeknya sebagai senjata karena jauh lebih efektif dari taring karnivora. Terutama untuk membela diri dari predator. (*)

B-2 Kecamatan Mojoroto, Kabupaten Kediri. Pelaku, ujar dia, bakal tersangkut tindak pidana konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistem lantaran sengaja memiliki, menyimpan, dan memelihara satwa yang dilindungi.

Sementara Staf BBKSDA Jatim Hari Purnomo Jatim menambahkan, 15 ekor rusa yang diamankan Polda Jatim merupakan satwa asli dari Pulau Jawa. Keberadaannya sangat dilindungi oleh negara karena satwa ini liar dan langka. (rif/yan/lan)

Demokrat dan Golkar Buru Kursi Menteri Kadal Spiderman KADAL keluarga Agamidae ditemukan di Tanzania, Rwanda dan Kenya. Pada tahun 2009, foto kadal itu beredar setelah orang-orang mengakui kemiripannya dengan Spider-Man. Kepala kadal laki-laki, leher dan bahu adalah merah cerah atau ungu, sedangkan tubuhnya berwarna biru gelap. Sejak foto ini menjadi populer, spesies ini telah berubah menjadi hewan peliharaan yang sangat diminati. (*)

Jakarta-HARIAN BANGSA Meski memutuskan bersikap netral dalam Pilpres 2014, namun Partai Demokrat tetap berharap, para peserta Konvensi Capres Demokrat bisa direkrut menjadi menteri pada kabinet pemerintahan mendatang. Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Melani Leimena Suharl i mengatakan, peserta konvensi merupakan kader terbaik dan mumpuni. "Siapa pun yang terpilih jadi

presiden, peserta konvensi diharapkan bisa terpilih jadi menteri," katanya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (19/5). Wakil Ketua MPR itu mengatakan, hingga saat ini Demokrat memilih tak berkoalisi dengan partai mana pun dan cenderung netral dalam Pemilu Presiden 2014. Hasil Konvensi Capres Demokrat menempatkan Dahlan Iskan sebagai pemenang konvensi. Namun, Dahlan belum tentu akan diusung

sebagai calon presiden atau calon wakil presiden Partai Demokrat. Sebelumnya, hasil Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat menghasilkan keputusan untuk tidak memihak salah satu kubu. Demokrat akan fokus membenahi partai untuk menghadapi pemilu yang akan datang. "Untuk pilpres, meskipun keputusan akhir d iserahkan kepada ketum (ketua umum) dan majelis tinggi, Partai Demokrat

tahun ini memilih tidak berpihak atau bergabung dalam kubu mana pun, baik kubu Pak Jokowi maupun Pak Prabowo," kata Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono seusai Rapimnas Partai Demokrat. Sementara Partai Golkar yang 'gagal' berkoalisi dengan PDIP, juga memburu kursi menteri. Wakil Ketua Umum Partai Golkar Agung Laksono mengatakan, kemungkinan besar partainya akan berga-

bung dengan poros pendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden. Golkar akan menerima konsekuensi atas sikap tersebut, termasuk merelakan tidak mendapat kursi calon wakil presiden. Agung mengatakan, Gol kar akan berbesar hati jika hanya menerima posisi menteri. Menurut Agung, hal tersebut sama sekali tidak bertentangan dengan hasil Rapat Pimpinan Nasional VI Partai Golkar. (rol/kcm/lan)

Komisi B DPRD Surabaya

Pemkot Surabaya Diminta Tertibkan Ratusan Toko Modern Surabaya-HARIAN BANGSA Komisi B Bidang Perekonomian DPRD Kota Surabaya meminta Pemkot menertibkan 500 toko modern yang tidak memiliki izin usaha toko modern. Ketua Pansus Penataan Toko Modern Komisi B DPRD Surabaya Eddi Rusianto mengatakan setelah raperda disahkan dalam waktu dekat ini, pihaknya berharap Pemkot segera melakukan aksi dengan menutup toko modern tak berizin. "Ini dilakukan untuk memberdayakan toko kecil, pracangan, dan pasar tradisional," katanya. Menurut dia, untuk mendapatkan IUTM harus mendapat rekomendasi dari Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Surabaya tentang lokasi itu diperkenankan untuk membuka toko modern atau tidak. Selain itu, lanjut dia, dalam raperda

salah satu lokasi keberadaan toko modern. Jarak antara toko satu dengan toko lainya diminta diatur, termasuk keberadaanya dengan Edy Rusianto pasar tradisional. toko modern tidak boleh berdiri di kampung-kampung. Minimal lebar jalan di depan toko modern 6 meter. Edy memerinci untuk toko swalayan minimal lebar jalan 6 meter, sedangkan supermarket lebarnya 8

meter. Sementara departmen store dan hypermat lebarnya 10 meter. "Prinsip bagi kami ekonomi masyarakat Surabaya tidak dikuasai toko modern. Jadi penikmat kemajuan ekonomi oleh masyarakat

bukan pemodal," ujarnya. Selain lebar jalan, yang tidak kalah penting adalah tidak boleh berhimpitan dengan pasar tradisional. Jarak toko modern dengan pasar tradisional yang telah ada lebih dulu minimal 500 meter.

"Toko modern ini harus memiliki IUTM selambat-lambatnya tiga bulan setelah raperda ini digedok, sehingga mereka yang tidak mengngurus IUTM berarti mengundurkan diri," katanya. Harapannya, toko modern bisa tertata rapi. Setelah mengurus dan tidak memenuhi syarat, mereka diberi toleransi beroperasi selama 2,5 tahun, setelah itu mereka harus relokasi. Toleransi ini diberikan karena keberadaan toko modern menyangkut hajat hidup orang banyak. "Mereka tetap diberikan izin sementara, setelah 2,5 tahun harus relokasi," ujarnya. Sementara itu, Perwakilan Bagin Hukum Pemkot Surabaya Risky Y Basuki menambahkan sesuai dengan UU Nomer 8 Tahun 2004, bagian jalan meliputi badan jalan saja. "Makanya di sini untuk saat ini lebar jalan 8 meter, supaya manuvernya

bisa dengan leluasa, kendaraan bersimpangan jalan bisa jalan," katanya. Sementara itu, peritel menanggapi dingin Raperda Toko Modern karena pengaturan jarak minimal antara toko modern yang satu dengan toko modern ini dianggap bukan aturan baru sebab di beberapa kota lain di Jawa Timur (Jatim) juga menerapkan hal serupa. Operation Community Relation Wilayah Indonesia Timur PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk, M Faruq Asrori, mengatakan pembatasan jarak toko modern ini sudah ada di Ponogoro, kota Malang, dan kota-kota lain. "Kami menyikapinya biasa saja. Yang terpenting bagi pelaku usaha adalah kepastian. Artinya, ketika mengurus perizinan sudah bisa dipastikan kapan akan keluar izin tersebut. Jadi tidak berbelit-belit," katanya. (lan/adv)

20 05 14  
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you