Issuu on Google+

PROGRAM PENGEMBANGAN SEKOLAH SMAN 1 BANGKO KABUPATEN ROKAN HILIR ( Rintisan Sekolah Kategori Mandiri ) 2007-2010 (Bagian 1)

A. Pengantar

D. M i s i

Era globalisasi dengan segala implikasinya menjadi salah satu pemicu cepatnya perubahan yang terjadi pada berbagai aspek kehidupan masyarakat, dan bila tidak ada upaya sungguhsungguh untuk mengantisipasinya maka hal tersebut akan menjadi masalah yang berdampak pada perubahan itu sendiri. Dalam hal ini dunia pendidikan mempunyai tanggung jawab yang besar, terutama dalam menyiapkan sumber daya manusia yang tangguh sehingga mampu hidup selaras dalam menghadapi perubahan . Pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang hasilnya tidak dapat dilihat dan dirasakan secara instan, sehingga sekolah sebagai ujung tombak dilapangan harus memiliki arah pengembangan jangka panjang dengan tahapan pencapaiannya yang jelas dan tetap mengakomodir tuntutan permasalahan faktual kekinian yang ada di masyarakat.

1. Mewujudkan siswa yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa. 2. Memiliki siswa yang unggul dan tangguh siap menghadapi era globalisasi. 3. Mewujudkan siswa yang siap berkompetisi dengan siswa lain dalam rangka memilih perguruan tinggi yang faforit. 4. Mewujudkan siswa yang berbudi pekerti luhur. 5. Mewujudkan siswa sebagai aset daerah dan bangsa untuk pembangunan yang akan datang. 6. Mewujudkan siswa mencintai budaya melayu.

Berdasarkan hal tersebut, maka kami berupaya merumuskan dan memantapkan Visi, Misi dan Program Pengembangan Sekolah untuk dipahami dan sepakati oleh seluruh komponen sekolah, yang berorientasi pada tuntutan dan antisipasi era global dan membangun karakter yang tetap mengakar pada budayanya, dengan harapan terwujud pribadi-pribadi yang dapat eksis dalam jaman yang terus berubah, peka dan mau berbuat terhadap permaslahan yang ada dan tetap memiliki jati diri.

B. Visi “ TERWUJUDNYA IMTAQ/IPTEK BERKWALITAS, CERDAS, TERAMPIL, KOMPETITIF DAN MENJUNJUNG TINGGI BUDAYA MELAYU “

E. Tujuan (target) yang akan dicapai 1. Menjadi SMA terbaik (pilihan masyarakat ) di Kabupaten Rokan Hilir. 2. Menghasilkan lulusan yang dapat melanjutkan ke perguruan tinggi terbaik. 3. Memiliki kualitas hasil belajar maksimal 4. Menumbuhkan budaya belajar (learning society) bagi warga sekolah. 5. Menumbuhkan rasa bangga terhadap sekolah , daerah dan bangsa Indonesia. 6. Menumbuhkan rasa bangga dan melestarikan budaya melayu.

F. Program Inti Sekolah Mengembangkan potensi siswa untuk berkreasi dan berprestasi yang didasari, keimanan, ketaqwaan, berbudaya lingkungan, serta kesadaran berbangsa dengan mengoptimalkan partisipasi masyarakat sekolah, kualitas pelayanan dan pembelajaran, pemanfaatan sarana dan prasarana, pembinaan kegiatan ekstra kurikuler, serta menumbuhkan citra diri.

B. Indikator Visi 1. Menjadi teladan dalam penguasaan serta penerapan IPTEK dan IMTAQ. 2. Tangguh dan siap menghadapi era globalisasi. 3. Kompetitif dalam memilih perguruan tinggi yang faforit. 4. Berbudi pekerti luhur. 5. Menjadi teladan dalam mematuhi tata tertib sekolah. 6. Berpotensi sebagai aset untuk pembangunan daerah masa yang akan datang. 7. Mencintai budaya Melayu.

38 KOMUNITAS BAGANSIAPI-API

SMAN 1 Bagansiapi-api dalam tahap renovasi 2009


38