Page 1

VONIS RINGAN NAZARUDDIN

INTERVIEW JOHNY INDO

NISSAN MARCH KALAH

Ik K M O K UNTU

GIS TAN KEPALA H OLA K E S

Y-GEN GENG MOTOR TERGANAS. DIDUGA TERLIBAT PEMBUNUHAN ANGGOTA TNI AL. MEMICU BALAS DENDAM OKNUM TNI.

EDISI 21 23 APRIL 2011


Edisi 21 23-29 april 2012

Hukum

Kekalahan Kedua Nissan “Saya sebenarnya penggemar Nissan. Jadi saya ini dan Nissan itu ibaratnya benci tapi rindu.�

Kriminal

Kematian Tragis Dosen UI

album

Bismar Siregar Tutup Usia

Internasional

Skandal Seks Pengawal Obama

people

Nico Rosberg, Sejarah Mercedes GP

Fokus

Stiker Y-Gen Picu Balas Dendam

gaya hidup

Stiker Y-Gen tertempel di motor Kelasi Satu Arifin Siri saat ditemukan setelah seminggu kematiannya. Berbekal stiker inilah, geng motor paling ganas ini diburu polisi dan TNI.

interview

Susah Berteman, Awas Asperger! Johny Indo Soal Pachinko

wkwkwk

Ke Dukun Biar Lulus UN

Nasional

Tangkisan Dahlan Iskan Buat Senayan Ancaman interpelasi DPR terhadap Kepmen BUMN No. 236/MBU/2011 justru menjadi bumerang. DPR justru dipaksa membuat hak interpelasi baru, setelah Dahlan Iskan mencabut Kepmen tersebut.

seni dan hiburan

Review Film Mirror-Mirror

ekonomi

Bingung Membatasi BBM Bersubsidi

Bisnis

E-toll Card yang Mampat

Lensa Cover: Kiagus Aulianshah

Pesta Usai UN

ik tuk m o k s un gi la Tan Kepa lah o Sek

Pemimpin Redaksi: Arifin Asydhad Wakil Pemimpin Redaksi: Iin Yumiyanti Redaksi: Deden Gunawan, M Rizal, Irwan Nugroho, Ken Yunita, Mulat Esti Utami, Silvia Galikano, Bahtiar Rifai, Evi Tresnawati, Monique Shintami, Isfari Hikmat, Rahmayoga Wedar, Aryo Bhawono Tim Foto: Dikhy Sasra, Ari Saputra, Haris Suyono, Agus Purnomo Product Management: Rohalina Gunara, Sena Achari, Eko Tri Hatmono Creative Designer: Mahmud Yunus, Kiagus Aulianshah, Galih Gerryaldy, Desy Purwaningrum Kontak Iklan: Arnie Yuliartiningsih, Email: sales@detik.com Telp: 021-79177000, Fax: 021-79187769 ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------Direktur Utama: Budiono Darsono Direktur: Nur Wahyuni Sulistiowati, Andry S. Huzain, Warnedy Kritik dan Saran: appsupport@detik.com Alamat Redaksi: Gedung Aldevco Octagon Lantai 2, Jl. Warung Jati Barat Raya No.75 Jakarta Selatan, 12740 Telp: 021-7941177 Fax: 021-7944472 Email: redaksi@majalahdetik.com Majalah detik dipublikasikan oleh PT Agranet Multicitra Siberkom, Grup Trans Corp. Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


Petunjuk Penggunaan

Halaman

Slide Show

Teks Scroll

Sentuh layar

geser halaman kebawah untuk membaca Berita selanjutnya

geser gambar untuk melihat galeri foto

Geser teks keatas dan kebawah untuk membaca teks

sentuh layar untuk melihat video, mendengarkan suara dan membaca teks


Album

Guru Besar LIPI

Bismar Siregar Tutup Usia Dunia peradilan Indonesia, Kamis 19 April 2012 kehilangan salah seorang putra terbaiknya. Mantan hakim agung Bismar Siregar meninggal dunia di usia 84 tahun, setelah dua hari dirawat di Rumah Sakit Fatmawati. Bismar Siregar lahir di Sipirok, Sumatera Utara, 15 September 1928. Bismar yang lulus dari Fakultas Hukum UI pada 1956, mengabdikan dirinya sebagai jaksa dan hakim. Ia mengawali karier sebagai jaksa di Kejaksaan Negeri Palembang, Sumsel. Terakhir Bismar menjabat Hakim Agung di Mahkamah Agung (1984-1995). Sebagai hakim, Bismar dikenal dengan pandangannya yang jernih dan mengedepankan nurani dibanding hukum formal. (AMI)

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Rabu 18 April 2012 mengukuhkan tiga guru besar riset. Salah seorang di antaranya adalah Dr. Baharuddin Tappa, peneliti bidang bioteknologi yang bekerja di LIPI sejak 1982. Baharuddin adalah peneliti di Puslitbang Bioteknologi LIPI. Selain Baharuddin, guru besar riset lain yang dikukuhkan adalah Dr. Sulaeman Yusuf dari UPT Balai Litbang Biomaterial LIPI serta Husein Avicenna Akil dari Puslit Kalibrasi, Instrumentasi dan Metrologi (KIM). Dalam orasi, Husein menyampaikan peluang mengusir burung dari kawasan bandara dengan teknik akustik suara. Kepala LIPI, Prof. Dr. Lukman Hakim, mengatakan saat ini Indonesia memiliki 373 guru besar riset, termasuk 96 orang guru besar yang dimiliki LIPI. (AMI)

Menangi Olimpiade Matematika Christa Lorenzia Soesanto dan Natasha Sutedja, dua siswi Indonesia berhasil mencetak prestasi dalam European Girls Mathematical Olympiad (EGMO) 2012 di Murray Edwards College, Inggris.

EGMO merupakan olimpiade matematika khusus anak perempuan yang diselenggarakan oleh Cambridge University. Dalam olimpiade ini, Christa berhasil meraih Medali Perak dengan total skor 30, sedangkan Natasha

memenangi Medali Perunggu dengan skor 15. Kedua belia yang masih berusia 15 tahun ini bersaing ketat dengan 70 peserta lainnya yang berasal dari 19 negara. (Monique)

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


seni & hiburan

buku

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


FOKUS | jejak berdarah y-gen

DONT MAKE US ANGRY

Stiker

Y-GEN

Picu Balas Dendam
 Stiker Y-Gen tertempel di motor Kelasi Satu Arifin Siri saat ditemukan setelah seminggu kematiannya. Berbekal stiker inilah, geng motor paling ganas ini diburu polisi dan teman-teman Arifin.
 Reporter: M. Rizal, Evi Tresnawati, Isfari Hikmat & Bahtiar Rifai

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


FOKUS | jejak berdarah y-gen

D

Salah satu tempat yang sering dijadikan balapan liar di Kemayoran, Jakbar. dok.detikfoto

on’t Make Us Angry”. Inilah semboyan geng motor Y-Gen. Stiker berisi semboyan itu ditempel di motor semua anggota Y-Gen. Umumnya, stiker ditempel di bagian belakang sepeda motor mereka. Y-Gen adalah geng motor yang bermarkas di wilayah Tanjung Priok, Jakarta Utara. Inilah geng motor yang paling ditakuti di Jakarta saat ini. Y-Gen sudah lama menjadi perbincangan klub motor maupun pengguna jalan di Jakarta. Geng motor ini dikenal brutal dan gampang naik darah, sehingga klub motor ataupun pengendara memilih menghindar bila bertemu mereka. Terlebih konvoi Y-Gen biasanya diikuti ratusan anggota.
Belakangan Y-Gen harus berurusan dengan ‘geng motor’ lainnya yang lebih ganas. Ratusan orang berambut cepak dan berbadan tegap mendadak membentuk ‘geng motor’ tandingan untuk memburu Y-Gen. Geng motor rambut cepak ini marah dan menuntut balas dendam setelah staf khusus Panglima Armada Maritim Barat (Armabar) Kelasi Satu, Arifin tewas pada 31 April 2012, di Kemayoran, Jakarta. Mereka mengamuk men-sweeping anggota geng motor untuk menemukan pembunuh Arifin. Pangdam Jaya Mayjen TNI Waris mengakui adanya keterlibatan anggota TNI dalam amuk geng motor cepak pada Jumat, 13 April 2012. 4 Anggota TNI dari Artileri Pertahanan Udara 6 Tanjung Priok (Arhanud Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


FOKUS | jejak berdarah y-gen

Tap untuk melihat video

6 Tanjung Priok) telah ditangkap. Mereka merupakan teman-teman Arifin. Anggota Y-Gen sadar mereka jadi incaran geng motor rambut cepak. Mereka pun tidak berani lagi menunjukkan identitasnya. Stiker di motor yang menjadi identitas keanggotaan mereka pun ramai-ramai dicopot. Begitu juga dengan atribut-atribut lainnya. “Semua atribut Y-Gen sekarang dicopot dari motor,” ujar Bessy Radja Gah, salah satu tokoh Y-Gen saat ditemui majalah detik di rumahnya, kompleks TNI AL Rawabadak, Jakarta Utara.
Keterlibatan Y-Gen dalam pengeroyokan Arifin terendus ketika enam hari setelah kejadian, motor korban ditemukan di wilayah Sunter. “Kondisi motor sudah dimodifikasi. Knalpotnya diganti, dan di motor tertempel stiker Y-Gen,” ujar sumber majalah detik di Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) Wilayah III, Jakarta Utara.
 Nah, berdasar petunjuk stiker itu, geng motor berambut cepak, yang diduga merupakan rekan-rekan Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


FOKUS | jejak berdarah y-gen

Arifin mulai melakukan sweeping. Mereka mencari anggota Y-Gen yang tersebar di wilayah Tanjung Priok, Warakas, dan Sunter. Salah satu korban salah sasaran geng motor cepak, Zaenal kepada majalah detik menuturkan, ia ditanyatanya soal Y-Gen. Namun karena Zaenal ngotot mengaku bukan anggota Y-Gen, ia pun dilepas di Kemayoran. 
Zaenal cukup beruntung karena hanya babak belur dipukuli geng motor berambut cepak. Sementara adiknya, Soleh, terpaksa harus meregang nyawa diamuk sekelompok pria berbadan tegap itu.
Soal keterlibatan Y-Gen juga sampai ke telinga polisi. Begitu mendengar

Stiker Y-Gen

ada dugaan Y-Gen terlibat dalam pembunuhan Arifin, polisi pun langsung bergerak mengamankan Joshua Raynaldo Radja Gah (21), Senin 9 April 2012. Mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi (STMT) Universitas Trisakti ini dicokok unit Jatanras Polres Jakarta Utara, karena dianggap menjadi salah satu pentolan Y-Gen, dan kebetulan Joshua adalah keponakan Ryu, ketua geng Y-Gen.
 Namun pengacara Joshua, OC Kaligis membantah kliennya terlibat pembunuhan Arifin. Di hadapan Kaligis, Joshua bersumpah tak membunuh Arifin. Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


FOKUS | jejak berdarah y-gen

OC Kaligis rachman/detikfoto

Rumah ketua geng motor Y-Gen isfari/detikfoto

Ada lima saksi yang memperkuat alibi Joshua. Saat pengeroyokan Arifin, 31 Maret 2012 malam, pentolan Y-Gen itu sedang makan di Mal Artha Gading. Joshua nongkrong di sini hingga subuh. Kaligis melihat ada perbedaan BAP dengan pengakuan Joshua. Kalau polisi memaksakan, menurut Kaligis, akan kesulitan dalam rekonstruksinya. “Silakan nanti diambil saja CCTV-nya. Bagaimana mau rekonstruksi? Korban juga nggak kenal dan tidak pernah dia lakukan,” kata Kaligis.
Namun polisi mengaku tidak sembarangan menetapkan Joshua sebagai tersangka. Polisi mengklaim punya bukti dan saksi yang kuat yang menyebut keterlibatan Joshua. “Itu hak dia (Joshua), nggak ngaku juga nggak masalah,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto.

 Rikwanto menambahkan, latar belakang pengeroyokan Arifin bermula dari percekcokan kelompok bermotor yang sedang nongkrong di Kemayoran dengan sopir truk. Truk yang melintas di Jalan Benyamin Sueb itu dinilai mengganggu aksi trek-trekan yang mereka lakukan.
Ketika geng motor sedang mengeroyok sopir truk, datang Kelasi Arifin untuk melerai. Nahas, Arifin justru dikeroyok geng motor yang diduga tergabung dalam Y-Gen. Arifin meninggal pada 1 April 2012, setelah sempat menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit AL Mintohardjo. (DEN/YOG)

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


FOKUS | jejak berdarah y-gen

Brutal,

Arogan dan Menakutkan Ulah Y-Gen sudah kesohor di Jakarta. Mereka dikenal suka bikin onar dan menodong pemotor lain. Pernah pula membakar mobil saat tawuran.

Reporter: M. Rizal, Evi Tresnawati, Isfari Hikmat, Bahtiar Rifai

M

omok itu bernama Y-Gen. Geng motor asal Tanjung Priok, Jakarta Utara ini identik dengan kebrutalan. Geng dengan semboyan ‘Don’t Make Us Angry’ ini dikenal suka bikin ulah dan gampang marah. Nama Y-Gen akhir-akhir ini menjadi buah bibir karena diduga terlibat pengeroyokan staf khusus Panglima Armabar Kelasi Satu Arifin Siri hingga tewas. Y-Gen berdiri sekitar tahun 1990-an. Nama Y-Gen merupakan singkatan dari Young Generation. Anggota Y-Gen mayoritas anak muda penghobi motor di wilayah Tanjung Priok, Jakarta Utara dan sekitarnya. Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


FOKUS | jejak berdarah y-gen

Tap untuk lihat video Y-Gen menerebos gerbang Tol Sunter. Courtesy youtube.com

Salah satu kegiatan rutin Y-Gen adalah melakukan konvoi yang diikuti ratusan anggotanya setiap Sabtu dan Minggu dinihari antara pukul 01.00-03.00 WIB. Geng ini sering ikut trek-trekan di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran. Namun prestasi geng ini dalam soal trek-trekan tidak ada yang istimewa. “Mereka dikenal dan disegani karena anggotanya banyak dan suka malak,” ujar Rinto, warga Kelurahan Cempaka Baru, Kecamatan Kemayoran, yang suka lihat trek-trekan kepada majalah detik. Komentar miring soal Y-Gen juga keluar dari mulut seorang pedagang yang sering mangkal di arena Kemayoran. Irvan nama pedagang itu, mengaku, biasanya setiap akhir pekan lapaknya dijadikan tempat tongkrongan anak-anak motor. Ia juga tahu nama Y-Gen sangat disegani anak-anak motor di Kemayoran.
“Ya memang geng motor dari Tanjung Priok sama Tanah Abang yang suka bikin rusuh. Tapi Y-Gen nggak ada yang ngalahin rusuhnya,” kata Irvan. Karena dianggap suka bikin rusuh, banyak klub motor memilih menghindar bila Y-Gen datang. “Ciri geng motor anak utara pakai motor korekan, nggak pada pakai helm. Kalau datang ratusan motor. Ini yang bikin takut,” terang pedagang rokok itu.
 Kisah kebrutalan Y-Gen juga menyebar di milis-milis. Dalam milis-milis disebutkan Y-Gen sangat arogan, suka  malak, menjambret, dan mengambil paksa motor orang. Bahkan saking arogannya, Y-Gen tidak segan-segan Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


FOKUS | jejak berdarah y-gen

Bessy Radja Gah istimewa

berkonvoi dengan sepeda motor lewat jalan tol. Mereka biasanya masuk lewat pintu tol Sunter dan kebutkebutan di jalan bebas hambatan itu. Aksi masuk tol geng Y-Gen sempat diunduh di situs Youtube. Dalam tayangan berdurasi 2 menitan itu, terlihat beberapa motor masuk pintu tol Sunter tanpa rasa cemas. Bahkan ada yang tidak mengenakan helm. Meski banyak dikeluhkan, tokoh Y-Gen, Bessy Radja Gah menampik jika kelompok Y-Gen identik dengan kriminalitas. Menurut Bessy, kenakalan anggota Y-Gen sama seperti anak-anak geng yang lain. “Paling tawuran atau kebut-kebutan saja,” jelas Bessy saat ditemui majalah detik di rumahnya. Di ruang tamu rumah Bessy terpampang foto Panglima Koarmabar Laksamana Muda Didit Herdiawan. Bessy merupakan kakak Ryu yang disebut-sebut sebagai ketua Y-Gen. Joshua Raynaldo Radja Gah yang menjadi tersangka pembunuhan Arifin merupakan keponakan Bessy dan Ryu. Tiga kali majalah detik bertandang ke rumahnya, Ryu tidak kunjung menampakkan batang hidungnya. “Ia sibuk bekerja,” kata Bessy.  Y-Gen dibentuk dengan niat awal sebagai wadah ngumpul dan konvoi. Bessy tidak menampik ada beberapa anak Y-Gen yang terlibat kriminalitas, seperti menjambret tas orang, tawuran, dan pembakaran mobil. Tapi ulah mereka kemudian dipertanggungjawabkan Ryu.
 “Adik saya (Ryu) pernah ditahan di Polres Jakarta Utara gara-gara anak Y-Gen bakar mobil saat tawuran di La Piazza. Karena Ryu selama ini dianggap ketua Y-Gen,” ujar Bessy.
 Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


FOKUS | jejak berdarah y-gen

Artha Gading pada malam hari, tempat nongkrong Y-Gen evi/detikfoto

Tapi, kata Bessy, bukan berarti Ryu ikut aksi kriminal yang dilakukan anak-anak Y-Gen. Ryu hanya merasa ikut bertanggung jawab setiap kegiatan yang dilakukan Y-Gen merugikan orang lain.  Bahkan beberapa kali Ryu mengembalikan barang-barang hasil rampasan anggota Y-Gen kepada pemiliknya.
 Ryu disebut sebagai bos Y-Gen bukan karena dipilih oleh anggota Y-Gen. Melainkan karena Ryu dianggap senior lantaran usianya lebih tua dari anggota Y-Gen yang umumnya masih ABG. Selain itu Ryu juga dikenal royal karena suka membayari bensin dan membelikan makanan untuk anak-anak Y-Gen.
 “Jadi Ryu sebenarnya bukan ketua atau bos YGen. Tapi karena dia baik sama anak-anak, mereka kemudian mendaulat Ryu sebagai bos. Gitu aja sebenarnya,” terang Bessy. Polisi tampaknya tidak bisa berbuat banyak menghadapi Y-Gen. Sebelum kasus Arifin, belum ada catatan anggota Y-Gen yang ditangkap. Menurut informasi yang diperoleh majalah detik, polisi sungkan terhadap Y-Gen karena anggotanya kebanyakan anak-anak kolong. Mereka berasal dari kompleks AD, AL, dan Brimob yang ada di wilayah Jakarta Utara. Bahkan ada juga polisi yang menjadi anggota Y-Gen.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto mengatakan, polisi masih mendalami aktivitas Y-Gen yang meresahkan. Sejauh ini yang ia tahu Y-Gen adalah geng motor sama seperti yang lainnya. (DEN/YOG)

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


FOKUS | jejak berdarah y-gen

Tokoh Y-Gen Bessy Radja Gah:

Tidak Ada yang Macam-Macam di Y-Gen

Y

-Gen bukan organisasi yang punya struktur. Karena bentuknya hanya perkumpulan, jadi tidak ada ketuanya. Kelompok ini terbentuk di Jakarta Utara, dan selama ini adik saya yang nomor 4, yakni Ryu, disebut-sebut sebagai ketuanya.  Padahal tidak begitu, mungkin saja dia yang dituakan karena usianya sudah 40. Tapi adik saya tidak merasa. Karena sudah malas, adik saya ini kan sudah kerja dan berkeluarga.
 
 Ryu memang dari dulu punya hobi di motor. Dia punya motor gede yang 600 cc warna hijau dan Ninja 250 cc warna oranye. Tapi sekarang motor Ninja-nya sedang rusak nggak jalan.

 Sebenarnya tidak ada yang istimewa dari Y-Gen. Tapi karena setiap konvoi sangat banyak bisa mencapai ratusan, karena mencakup Cilincing, makanya dikenal. Mereka sering ngumpul-ngumpul di Mal Artha Gading. Sudah sejak lama Ryu saya ingatkan jangan sampai nanti kalau lagi nongkrong atau konvoi ditunggangi. Mungkin kamu baik jalan di depan. Tapi namanya anak-anak, di belakang mereka main apa kita nggak tahu. 

Kalau konvoi yang para orang tua di depan, yang di belakang nggak ada yang berani nyalip. Kalau ada (yang berani), Ryu marah, kalau nggak bisa diatur akan ditegur nggak usah ikut kumpul. Karena sudah ramai bergerombol mungkin agak sulit untuk dipecahkan. Diklakson percuma.
 
 Di kelompok Y-Gen tidak ada yang ahli utak-atik, yang ahli atau spesial tidak ada. Cuma jalan-jalan saja. Jadi tidak begitu suka dengan trek-trekan. Y-Gen juga tidak ada bendera, ataupun kostum khusus. Asal bensin penuh, ya jalan-jalan. Hanya fun. Konvoi-konvoi saja, nanti nonton trektrekan. Tapi Y-Gen tidak punya motor yang dipersiapkan untuk balapan. Paling jalan biasa, tujuannya Artha Gading, ngobrol-ngobrol nggak karuan. Kalau nggak kemana-mana lalu pulang. 

 Kalau konvoi ke luar kota biasanya ada anak gadis yang ikut. Tapi yang gadis naik mobil. Tidak ada yang macam-macam. Mungkin karena jumlahnya banyak, ini dianggap suatu geng besar.  Kalau zaman saya dulu ya seperti Pachinko, kenakalan remaja saat itu ya kebut-kebutan biasa. Tidak mengarah yang kriminal. (DEN/YOG) Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


FOKUS | jejak berdarah y-gen

Misteri Komandan Geng Motor Cepak Sebelum mengamuk, geng motor berambut cepak berkumpul di Monas. Undangan berkumpul dikirim via SMS. Muncul isu petinggi TNI terlibat. Reporter: M Rizal, Isfari Hikmat, Evi Tresnawati, Bahtiar Rifai

S

ebuah pesan singkat menyebar ke sejumlah anggota TNI dari kesatuan Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) 6 Tanjung Priok, Kamis 12 April 2012. Isinya para prajurit itu disuruh berkumpul di lapangan Monumen Nasional (Monas), pukul 21.00 WIB, hari itu.   Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


FOKUS | jejak berdarah y-gen

Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Waris antara

Malam itu mereka akan melakukan aksi balas dendam atas kematian staf khusus Panglima Armabar Kelasi Satu Arifin Siri, yang tewas dikeroyok geng motor, Sabtu 31 Maret 2012. Pembunuh Arifin diduga kuat adalah anggota Geng Motor Y-Gen, geng motor asal Tanjung Priok. “Pengirim SMS ini akan terus kita kejar dan proses secara hukum, siapa dia,� ujar Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Waris saat ditemui majalah detik. Gara-gara SMS itu, sebanyak 160 prajurit TNI dengan menggunakan 80 sepeda motor berkumpul di Monas. Awalnya mereka tidak tahu apa maksud ajakan ngumpul itu. Namun sesampainya di Monas, mereka baru diberi tahu tentang rencana sebenarnya. Di sini mereka juga dibagikan pita kuning sebagai penanda. Setelah kumpul di Monas, mereka bubar dan kembali ke Jakarta Utara. Kemungkinan besar, mereka bubar untuk menyiapkan sejumlah senjata yang akan dipakai untuk aksi. Sebab sekitar pukul 01.58 WIB, saat mereka tiba di SPBU Pertamina di kawasan Jakarta Utara, kelompok ini sudah membawa senjata. Dari video yang diperoleh majalah detik, sangat jelas terlihat, seorang anggota dengan pita kuning di lengannya menenteng celurit. Beberapa membawa samurai, juga bambu. Ada sekitar 50 motor yang mengisi bensin di SPBU itu. Sepeda motor mereka beragam, sebagian motor sport dan sebagian besar motor bebek. Mereka umumnya berboncengan. Nah, yang dibonceng itu yang terlihat membawa senjata tajam. Tapi ada juga di antara mereka yang mengendarai motor sambil membawa senjata tajam dan bambu. Mereka meninggalkan SPBU sekitar pukul 02.07 WIB. Data Pangdam, tidak semua prajurit yang datang ke Monas mau ikut melakukan aksi balas dendam terhadap geng motor.  “Sebenarnya banyak yang balik lagi Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


FOKUS | jejak berdarah y-gen

Tap untuk lihat video CCTV geng motor cepak

ke kesatuannya. Buktinya, dari empat anggota kita, tiga di antaranya balik lagi ke markas kesatuan, cuma Serda Yogi yang terus mengikuti semua kegiatan,” terang Waris. Serda Yogi Permana adalah satu dari empat prajurit Arhanud di bawah Kodam Jaya yang ikut dalam amuk ‘geng motor’ berambut cepak pada Jumat dinihari, 13 April 2012 yang diduga sebagai aksi balas dendam atas kematian Arifin. Aksi di tujuh lokasi di Jakarta Utara dan Jakarta Pusat itu menyebabkan Anggi Darma­ wan tewas dan belasan orang lainnya luka-luka. Para korban adalah orang-orang tak berdosa, yang tidak terlibat dengan kematian Kelasi Arifin. Para korban juga bukan anggota Y-Gen. Tiga prajurit lainnya yang juga diamankan Pomdam Jaya, adalah Serda Jaka Trima, Praka Majuri, dan Pratu M Kotibul Imam. Keempat orang itu merupakan teman dekat Arifin. “Teman kumpulkumpullah,” kata Kepala Penerangan Kodam Jaya, Kolonel Andrian Ponto Sebenarnya aksi kumpul di Monas itu sudah terendus intelijen. Bahkan semua pejabat intelijen dari  Mabes TNI, TNI AL, TNI AD, dan Polri sempat dikumpulkan Asisten Intelijen Kodam Jaya. Dari informasi yang dikumpulkan intelijen diketahui mereka ngumpul di Monas. Tapi tidak diketahui agendanya apa. Mereka hanya melacak siapa pengirim SMS berantai itu. Dan setelah dicek lewat IT, SMS itu dikirim dari beberapa nomor telepon. “Pengirim SMS salah satunya dari anggota kami yang tertembak saat itu di Pramuka,” jelas Pangdam Jaya. Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


FOKUS | jejak berdarah y-gen

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Untung Suharsono Rajab. antara

Panglima Armabar Laksamana Pertama TNI Y. Didik Heru Punomo antara

Saat amuk geng motor berambut cepak itu, dua anggota TNI, yakni Prada Akbar Fidi Aldian dari Yonif Linud 503 Kostrad dan Kelasi Sugeng Riyadi, memang sempat tertembak seseorang yang menggunakan mobil Yaris warna putih. Prada Akbar Fidi diketahui mengalami luka tembak di dada dan dirawat di RSPAD. Sedangkan Kelasi Sugeng Riyadi tertembak telinga kirinya kemudian dirawat di RSAL Mintohardjo. Begitu diketahui asal muasal SMS kumpul di Monas, Pomdam Jaya langsung memanggil komandan kesatuan masing-masing. Dari hasil pemeriksaan, diketahui 4 orang prajurit di bawah Kodam Jaya terlibat aksi geng motor cepak itu. “Dari Kodam itu cuma empat. Dari  Arhanud saja dan sudah saya proses. Kalau dari kesatuan lain tanya ke orang lainlah,” ujar Pangdam. Sampai saat ini memang baru Kodam Jaya yang buka mulut soal amuk geng motor berambut cepak. Sementara TNI AL belum memberikan tanggapan terkait hasil penyelidikan. Padahal, informasi yang beredar banyak prajurit TNI AL terlibat aksi itu. Kadispen TNI AL Laksamana Pertama Untung Suropati yang sebelumnya terbuka soal pengeroyokan Arifin menjadi susah dihubungi. Telepon dan SMS dari majalah detik tidak direspon. Panglima Armabar Laksamana Pertama TNI Y. Didik Heru Punomo juga bersikap sama. Di tengah aksi diam para petinggi TNI AL, beredar kabar ada petinggi TNI yang terlibat amuk motor geng rambut cepak. Disebut-sebut ada seorang jenderal dan seorang berpangkat kolonel. Isu berhembus setelah Pangdam Jaya mengungkap keterlibatan anggota TNI dalam amuk tersebut.  Pangdam Jaya mengungkap keterlibatan TNI setelah dipanggil Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Cikeas (SBY), khusus membicarakan aksi geng motor yang meresahkan masyarakat itu. Waris dipanggil Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


FOKUS | jejak berdarah y-gen

bersama Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Untung Suharsono Rajab. “Saya bilang ke Presiden mohon maaf saya belum mampu memenuhi keinginan senior saya yang ekstrem,” tutur Waris, Kamis 19 April 2012. SBY pun bertanya siapa senior yang dimaksud Waris. “Saya jawab lantang: si A, atasan yang memimpin aksi,” kata Waris. Tapi saat ditanya wartawan siapa persisnya “A” itu, Waris menolak menjelaskan. Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Marciano Norman memastikan polisi militer (PM) sudah melakukan penyelidikan. “Informasi dari Pak Pangdam itu sudah didalami PM,” kata Marciano. Tapi setelah isu petinggi TNI terlibat amuk geng motor menjadi kontroversi, Andrian mengklarifikasi ada salah konteks dalam pemberitaan pernyataan Waris. Menurut Adrian, konteks pernyataan Waris terkait demo BBM, bukan geng motor. "Geng motor dan senior ekstrem itu tidak ada hubungan. Tidak ada petinggi TNI dalam kasus geng motor," tegas Andrian. Suara keras disampaikan politisi Senayan dan Koordinator KontraS Harris Azhar. Mereka menuntut amuk geng motor berambut cepak yang diduga beranggotakan para prajurit TNI itu diusut secara serius. TNI juga harus bekerja sama dengan polisi menuntaskan kasus ini. Kalau nanti ada bukti pelanggaran hukum, aparat TNI sekalipun harus dipidanakan, selain sanksi administratif . TB Hasanuddin, anggota Komisi I DPR sependapat dengan Benny. “Setiap pelanggaran sipil atau militer harus dihukum. Prajurit harus dihukum sesuai kesalahannya. Komandannya juga harus diberi teguran,” kata politisi dari PDIP itu. (DEN/YOG)

SBY pun bertanya siapa senior yang dimaksud Waris. “Saya jawab lantang: si A, atasan yang memimpin aksi” kata Waris menirukan.

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


FOKUS | jejak berdarah y-gen

Pangdam Jaya:

Yang Terlibat Saya Tekan Sampai Mencret

B

erikut wawancara M Rizal dari majalah detik dengan Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Waris: Bagaimana sebenarnya keterlibatan anggota TNI AD dalam kasus geng motor? Bukan terlibat secara langsung. Mereka itu hanya ikut-ikutan karena diajak melalui SMS. Mereka itu ada empat orang dari satuan Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) 6 Tanjung Priok. Saat ini masih diperiksa di Polisi Militer Angkatan Darat (Pomad). Tiga orang di antaranya diproses di satuan, karena setelah diperiksa Pomad keterlibatannya ringan, maka akan

menerima hukuman disiplin dari satuannya. Siapa yang mengirimkan SMS? Ya itu tidak tahu, kan itu SMS beruntun. Isi SMS seperti apa? Ya mana tahu, kan saya nggak pernah terima SMS itu. Hanya orangorang itu yang tahu lah. Yang jelas, hasil pemeriksaan itu (aksi geng motor cepak) berdasarkan dari ajakan melalui SMS itu. Pengirim SMS akan terus kita kejar dan proses secara hukum.  Apakah ada anggota TNI AD, khususnya di wilayah Kodam Jaya ikut geng motor? Yang ikut-ikutan klub motor dari TNI

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


FOKUS | jejak berdarah y-gen

AD dan yang lainnya aku nggak tahu. Ini pun sebenarnya yang ikut-ikutan kan yang di Arhanud Tanjung Priok saja. Nah, keikutsertaan mereka itu hanya di tanggal 13 April 2012 saja, setelah menerima SMS. Sebab tanggal 7 dan 8 April 2012 itu sama sekali tidak ada anggota TNI AD. Begitu juga tanggal 31 Maret 2012 juga tidak ada anak TNI AD, baru tanggal 13 April saja. Tapi tetap empat orang anak buah saya ini akan saya tekan terus, kalau bisa sampai mencret, begitu harus ada ketegasan dong. Seperti apa awalnya mereka terlibat kerusuhan geng motor 13 April 2012? Keempat anggota Kodam Jaya di satuan Arhanud ini bermula, malam itu menerima SMS berantai. Mereka diminta berkumpul di Tugu Monas malam pukul 21.00 WIB. Lalu karena merasa memiliki solidaritas dan satu litingan, mereka keluar diam-diam dari markas kesatuan.   Dari hasil penyelidikan yang dilakukan para pejabat intelijen dan keterangan saksi di kepolisian, SMS itu didapatkan dari telepon anggota kita yang kena tembak. Handphone-

nya kita ambil, lalu diproses IT, dilihat nomor-nomor yang dihubungi, ya ketahuan ada nama-nama itu, termasuk empat anggota Arhanud Kodam Jaya itu. Mereka langsung kita panggil melalui para komandannya dan langsung diperiksa POM. Dari keterangan 4 prajurit Arha-

rengga sancaya/detikfoto

nud itu apa memang saat itu khusus men-sweeping geng motor Y-Gen? Kalau awakmu ngejar itu ke Kodam Jaya nggak bakal ketemu, karena dari Kodam itu cuma empat orang Arhanud saja sudah saya proses. Siapa penggeraknya dan segala macamnya itu, tentu mau tanya dan cari data sudah tahu semua. Jadi ini bukan urusan saya lagi. Yang penting saya, untuk keterlibatan anak buah saya sudah dibuka. (IYE/YOG)

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


FOKUS | jejak berdarah y-gen

Pachinko, Legenda Musuh Bebuyutan Pasukan China Kota (Pachinko) sudah jadi legenda geng motor. Geng ini disebut-sebut merupakan geng motor paling ganas. Inilah musuh bebuyutan geng motor Y-Gen. Reporter: Monique Shintami & Bahtiar Rifai

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


FOKUS | jejak berdarah y-gen

I

Johny Indo (kiri) dan temanya rengga/detikfoto

ni kontrakan saya. Tapi kita nanti ngobrol di rumah teman saya saja ya,� kata Johny Indo ramah. Rumah yang ditunjuk Johny sebagai kontrakannya adalah sebuah rumah sederhana di Kawasan Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat. Di rumah ini, Johny tinggal bersama dua anaknya, Aisyah (13) dan Asyiq (11). Istrinya sudah setahun kabur meninggalkan Johny. Rumah bercat abu-abu dengan jendela bercat kuning itu luasnya sekitar 100 meteran. Hanya ada dua kamar di rumah itu. Ruang tamunya mungil saja dilengkapi TV 21 inch dan kursi sederhana. Di tembok di ruang tamu terpasang foto-foto Johny mengenakan baju muslim lengkap dengan pecinya. Sederhana, begitulah hidup Johny Indo sekarang. Perampok yang terkenal dengan geng motor Pasukan China Kota (Pachinko) dan juga bintang film itu kini memang tidak lagi jaya. Ia menjalani hidupnya sebagai ustad yang bersahaja, bahkan tidak jarang kekurangan. “Saya cuma pegang Rp 15 ribu doang sekarang,� kata Johny datar. *** Johny Indo adalah legenda. Begitu pula Pachinko yang dipimpinnya. Anggota Y-Gen yang mencuat dalam kasus pembunuhan Kelasi Satu Arifin Siri boleh saja mengklaim dirinya sebagai raja geng motor era 2000-an. Namun sejarah yang mereka toreh belumlah selegenda Pachinko. Sesuai namanya, geng motor yang pernah sangat disegani pada dekade 70-an ini, mayoritas anggotanya Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


FOKUS | jejak berdarah y-gen

Geng motor Pachinko pasca-Johny Indo

istimewa

(70 persen) merupakan etnis keturunan Tionghoa yang tinggal di sekitar kawasan Kota Lama seperti Mangga Besar, Ampera, Pademangan, hingga Tanjung Selor (Roxy). Anggota Pachinko ini tak hanya jago ngebut, tetapi juga andal berakrobat di atas motor. Mereka bisa bertukar posisi di atas motor yang melaju dengan kecepatan 80 kilometer per jam.  “Dalam kecepatan 80 kilometer per jam, mereka bisa ganti kemudi motor,” papar Johny saat ditemui majalah detik. Selain kebut-kebutan dan mabuk-mabukan, anggota Pachinko juga tak segan melakukan tindak kriminal. Mulai tindak kriminal ringan, seperti menjambret dari atas motor hingga merampok dengan senjata api. Johny yang sudah lama insaf punya alasan sendiri atas tindakan ini. ‘Melihat jurang antara si kaya dan si miskin, saya tergerak membuat suatu gerakan dalam kelompok, bukan geng. Tapi anak-anak kampung. Saya lihat pemerintah belum mampu menyejahterakan rakyat, ayo kita ngerampok orang kaya untuk kita bagikan ke orang miskin,” papar Johny yang kisahnya kemudian diangkat ke layar perak. Dalam aksinya Johny membuat aturan tegas. Ia tidak mengizinkan anggotanya menyakiti rakyat kecil atauMajalah detik 23 - 29 APRIL 2012


FOKUS | jejak berdarah y-gen

Tempat nongkrong Pachinko kini menjadi kantor Pos monique/detikfoto

pun perempuan. “Kita juga hanya mengambil milik orang kaya, tidak menyakiti, hanya ditakuti. Kami tebang pilih, nggak asal, semua ada motifnya, yaitu memprotes kesenjangan. Sebagian hasilnya juga kami bagikan kepada orang tak mampu,� jelasnya. Untuk aksinya, Pachinko yang pada masa jayanya memiliki ratusan anggota ini mempersenjatai diri dengan senjata api.   Otaknya tak lain adalah Johny yang merupakan anak anggota TNI. Johny juga tak mengelak pengetahuan tentang senjata diperolehnya saat menjadi anak kolong. Saat Johny dan komplotannya ditangkap pada 1979, mereka dituduh bertanggung jawab atas tujuh kasus perampokan toko emas di Jakarta. Namun di pengadilan mereka hanya mengakui 5 di antaranya. Yaitu toko emas di Gang Lontar, Tanah Abang, Sawah Besar, Jatinegara dan Pasar Jangkrik yang dilakukan sekitar awal 1978 sampai Maret 1979. Polisi mencatat, ada sekitar 16 kg emas yang digasak komplotan Johny. Namun semua hasil rampokan ini, habis tak berbekas karena gaya hidup komplotan ini terbilang boros. Johny sendiri kemudian dihukum 10 tahun penjara. Dua rekan Johny, Kikim dan Kikih, masing-masing dijatuhi 7 tahun penjara. Menurut Johny, Pachinko bubar setelah penangkapan itu. Masing-masing anggota Pachinko menjalani hukumannya dan setelah bebas tidak lagi melakukan tindak kriminal. Kisah berbeda diungkapkan, Harry Yapto alias Arie Bule. Menurutnya Pachinko tetap ada meski tidak lagi dipimpin Jhony Indo. Pachinko sudah identik dengan kelompok motor di Kota yang anggotanya keturunan Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


FOKUS | jejak berdarah y-gen

Markas Pachinko yang kini telah berubah jadi Mangga Dua Square monique/detikfoto

China. “Pokoknya dia-dia orang menyebut kita Pachinko. Meski tak ada lagi kaitannya dengan Jhony Indo,” kata Arie. Arie yang mengaku menjadi anggota Pachinko sejak masih duduk di bangku SMP. Arie yang kini mengelola sebuah bengkel di kawasan Roxy ini, mengaku anggota Pachinko sering nongkrong di daerah Kota. Di sana ratusan anggota Pachinko tak hanya ngetrek dan bikin ribut. “Kadang ada yang ngejambret,” paparnya. Sebagai geng motor, Pachinko menurut Arie hanya beroperasi di sekitar kawasan Kota. “Lahan kita seputar Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk. Itu kekuasan kita. Jadi kalau merasa elo Cina, ngumpulnya di Kota. Jadi nggak ada itu Pachinko ngacak-ngacak daerah lain,” paparnya. Namun untuk balapan, anggota geng motor ini bisa merambah ke mana-mana. Balapan biasanya dimulai dari Mangga Besar, ke arah Gajah Mada-Hayam Wuruk-Harmoni-Monas-Sudirman hingga Taman Lawang. Kadang mereka balapan hingga ke Gatot Subroto dan Cawang atau bahkan hingga ke Puncak.   Sesekali mereka ikut adu keterampilan di Kemayoran. Seringnya razia yang dilakukan polisi tidak mampu membuat mereka jera. Tak terhitung anggota Pachinko yang ditangkap dan dipukuli polisi. Bahkan tidak sedikit anggota geng motor ini yang menemui ajal. Pachinko ala Arie cs ini juga pernah bersinggungan dengan Y-Gen, geng motor terganas di Jakarta saat ini. Kedua geng motor ini bertemu saat trek-trekan di Tanjung Priok dan berbuntut rusuh. “Y-Gen itu musuh bebuyutan kita waktu itu,” kata Arie. (AMI/YOG) Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


interview

Johny Indo:

Pachinko Mau Jadi Pitung Tapi Salah Kaprah “Ayo kita rampok orang kaya untuk kita bagikan ke orang miskin. Tujuannya apa? Menegur pemerintah. Jadi ingin menjadi Si Pitung tapi salah kaprah.� Reporter: Monique Shintami rengga/detikfoto

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


interview

P rengga/detikfoto

asukan China Kota atau dikenal dengan sebutan Pachinko merupakan geng motor yang melegenda. Geng motor yang dipimpin Johny Indo ini sangat disegani pada era 1970-an. Geng ini terkenal dengan aksinya merampok toko emas dan rumah-rumah pejabat. Selama puluhan kali melakukan aksi perampokan, geng ini belum satu kali pun menyebabkan korban tewas. Johny Indo menuturkan, perampokan yang dilakukan geng Pachinko memang bukan perampokan biasa. Perampokan ini punya tujuan mulia yang terinspirasi perampok budiman seperti Robin Hood dan Si Pitung. “Tujuannya ingin jadi Si Pitung tapi salah kaprah,� kata Johny Indo. Berikut penuturan pemimpin kelompok Pachinko, Johny Indo, kepada Monique Shintami dari majalah detik, di Sukabumi, Selasa, 17 April 2012.

Bagaimana awal terbentuknya Pachinko? Ini bermula dari hobi naik motor, tapi sifatnya masih pribadi. Saya punya 12 anak buah, jadi 13 orang sama saya. Motornya masih acak-acakan, ada yang Honda, ada Yamaha. Kelebihannya, anak buah saya 70 persen keturunan China, makanya disebut Pachinko (Pasukan China Kota). Kalau dilihat, fisiknya kelihatan kecil-kecil, tapi punya keahlian dalam kecepatan lari (motor) 80 kilometer per jam, mereka bisa ganti motor. Misalkan gini, yang lagi nyetir pindah ke belakang, yang belakang pindah ke depan. Semacam akrobatiklah. Bagaimana kegiatan hobi motor bisa berubah jadi merampok? Saya melihat pemerintah belum mampu menyejahterakan rakyat dengan benar. Yang kaya tambah kaya, yang miskin tambah miskin. Melihat antara si kaya dan si miskin ada jurang yang sangat mencolok sesama Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


interview

Jangan berbuat halhal yang menyakiti rakyat kecil. Terutama kita nggak boleh menyakiti perempuan. Itu sudah prinsip saya.

bangsa Indonesia. Kita nggak bicara etnis, kita bicara si kaya dan si miskin terlalu mencolok. Nah dengan situasi seperti ini, saya membuat gerakan dalam kelompok, bukan geng ya, tapi anak-anak kampung yang idenya timbul dari saya. Ayo kita rampok orang kaya untuk kita bagikan ke orang miskin.  Tujuannya apa? Menegur pemerintah. Ini ada semacam protes dari masyarakat. Dengan beberapa persyaratan, antara lain jangan berbuat hal-hal yang menyakiti rakyat kecil. Terutama kita nggak boleh menyakiti perempuan, kita nggak ganggu. Itu sudah prinsip saya. Kedua, kita ambil harta orang kaya, jangan disakiti, ditakut-takuti saja dengan senjata api karena kita dulu banyak senjata dari black market.  Peredaran senjata api sudah marak pada waktu itu? Marak sekali. Zaman dulu malah lebih mudah. Karena bapak saya tentara dari Garut, saya anak kolong lah. Jadi kita sedikit memahami bagaimana menggunakan senjata tanpa membahayakan diri sendiri dan orang lain. Nah itu kita gunakan untuk shock therapy. Supaya korban yang mau kita ambil hartanya, takut. Kita punya aturan, tidak boleh melukai perempuan, itu satu. Yang kedua, tidak merampok seluruhnya. Di depan mata misalnya ada uang Rp 100 juta, yang kita ambil Rp 60 juta. Sisanya yang Rp 40 juta sebenarnya tinggal kita bawa tanpa halangan, tapi tidak kita bawa. Karena saya kasihan, biar dia bisa usaha lagi. Misalnya toko emas, yang dipajang ada 4 kg, yang kita ambil hanya 3 kg, yang 1 kg kita pulangi, jangan sampai habis benar. Tujuannya saya ingin menyejahterakan rakyat, dengan mengambil pajak secara tidak sah. Lalu saya dari tahun 70-an, tahun 1977, merampok bagikan ke fakir miskin. Di daerah Jakarta semua, seMajalah detik 23 - 29 APRIL 2012


interview

rengga/detikfoto

latan, utara, timur, sikat semua. Siapa sasaran perampokan? Ada toko emas, ada rumah-rumah pejabat. Tapi kami tebang pilih, nggak asal, semua ada motivasinya yaitu menyejahterakan rakyat, tapi dengan cara protes. Ketika kami tertangkap, itu nggak tanggung-tanggung, tanpa pembunuhan itu (diganjar hukuman) 14 tahun. Jadi tujuannya ingin jadi Si Pitung tapi salah kaprah. Bagaimana dengan Pachinko sekarang? Sudah tidak ada, tinggal legenda saja. Bubarnya ketika kami ditangkap, tahun 1979. Anak-anak itu bukan satu geng yang terkoordinasi secara organisasi. Mereka itu hanya panggilan hati, loyalitas. Kita terpaksa mengundurkan diri, karena ditangkapi, disangka berbuat kriminal tadi. Sampai terakhir masih berjumlah 13 orang? Iya. Ditangkap, lalu dipenjarakan terpisah, di Surabaya, di Bandung, dipisah-pisah, tanpa adanya komunikasi. Hukuman antara 4 sampai 14 tahun. Ketika pulang, tidak ada koordinasi, cuma saya dengar kabar, setelah pulang, mereka tidak ada yang berbuat jahat. Semua baik-baik. Kembali ke jalan yang baik, menjadi warga negara yang baik. Pendidikan mereka tidak terlalu tinggi, ada yang cuma sampai SMP, ada yang kerja di pabrik,  office boy, ada yang sopir taksi. Memang mereka kriminal, tapi mereka berawal dari adanya jurang yang besar Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


interview

Kalau mental kita kuat, kita berani, maka orang akan mundur karena lihat kita berkarisma.

antara si kaya dan si miskin.   Pernahkah clash dengan TNI dan polisi? Pernah, sangat pernah, dan kita selalu menang. Karena kita sifatnya menakut-nakuti. Waktu saya masih muda kan tegap, rambut saya pendek, waktu itu saya belum dikenal sebagai Johny Indo. Jadi mereka kira mereka clash dengan ABRI lagi. Contoh waktu kami merampok di Tanah Abang, tibatiba datang tentara naik vespa di sebelah kita. “Ada apa Pak?” katanya. Saya bilang, “Bapak jangan ikut campur, ini urusan internal saya. Bapak silakan jalan.” Dia nggak mau jalan, saya buang tembakan. “Siap Pak,” dia langsung jalan. Mental itu di situ. Kalau mental kita kuat, kita berani, maka orang akan mundur karena lihat kita berkarisma. Makanya ketika saya ditangkap, polisi agak marah, karena mereka bilang ini yang suka bohong ngaku-ngaku polisi.  Selama pelarian di Nusakambangan makan apa? Saya 12 hari tidak makan. Kalau teman-teman, tidak tahu, banyak yang mati. Nusakambangan itu panjangnya 70 km lebih, daerahnya berjurang-jurang dan banyak gua bersambungan yang dihuni oleh harimau kumbang, ular-ular, dan sebagainya. Bagaimana akhirnya tertangkap dan menyerahkan diri? Yang penyergapan pertama, sembilan orang mati. Saya di tengah, nomor lima. Di depan saya empat mati, di belakang saya lima mati, sisanya di belakang lagi lari ke hutan lain. Penyergapan pertama mati sembilan, satu kaki diamputasi. Larinya sebenarnya mau 100 orang lebih, tapi yang lain plinplan, jadi cuma 34. Sampai akhirnya setelah 12 hari, kita tertangkap. Dari 34 orang, yang 11 meninggal, 5 luka parah. Kami bukan menyerahkan diri, tapi saya mikir, saya yakin anak dan istri pasti gelisah, kasihan mereka.  (SIL/YOG)

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


lensa

Tiga siswa berboncengan tanpa menggunakan helm pengaman, mengabaikan keselamatan nyawanya sendiri. DETIKFOTO/M Abdurrahman

pesta usai UN Tap untuk melihat foto lebih besar

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


lensa

Konvoi pelajar yang melanggar aturan lalu lintas ini luput dari pengawalan pihak kepolisian. DETIKFOTO/M Abdurrahman

pesta usai UN Tap untuk melihat foto lebih besar

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


lensa

Selain berkonvoi, para siswa juga melakukan aksi corat-coret seragam dengan menggunakan cat semprot. DETIKFOTO/M Abdurrahman

pesta usai UN Tap untuk melihat foto lebih besar

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


lensa

Sejumlah pelajar berkonvoi usai melaksanakan Ujian Nasional (UN) di Makassar, Sulsel, Kamis 19 April. Mereka mengabaikan peraturan lalu lintas serta larangan pihak sekolah untuk tidak melakukan konvoi dan aksi coratcoret seragam setelah pelaksaksanaan UN. FOTO ANTARA/Sahrul Manda Tikupadang

pesta usai UN Tap untuk melihat foto lebih besar

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


momen sepekan

Jim Yong Kim Pimpin Bank Dunia

Ledakan di Sidang FPI Sebuah bom rakitan berdaya ledak rendah, Selasa 17 April 2012 meledak tak lama setelah Ketua FPI Yogya, Bambang Teddy divonis tiga bulan penjara karena kasus penganiayaan. Bom diletakkan di halaman sela­ tan Stadion Mandala Krida, sekitar 200 meter dari PN Yogyakarta, tempat sidang berlangsung. Saat menyisir lokasi, tim Gegana Brimob DIY mene­ mukan aki motor dan kabel. Namun tidak ditemukan in­ dikasi yang membahayakan. Ledakan juga tidak meng­ akibatkan jatuh korban ataupun kerusakan berarti. Ledakan terjadi pukul 12.05 WIB, suaranya terdengar hingga radius 300 meter. Polisi memintai keterangan seorang saksi bernama Sugiyanto untuk penyelidikan. (AMI)

Calon dari AS, Jim Yong Kim resmi terpilih menjadi Presiden Bank dunia meng­ gantikan Robert Zoellick. Ahli kesehatan berdarah Korea yang memimpin Dar­ tmouth College ini, berhasil menyisihkan calon lainnya, Menteri Keuangan Nigeria Ngozi Okonjo-Iweala. Sebelumnya, negara ber­ kembang mendesak agar pemimpin Bank Dunia tidak lagi didominasi AS. Dan ini merupakan pertama kali­ nya dalam 66 tahun, calon dari AS mendapatkan pe­ saing. Biasanya hanya ada calon tunggal dari AS yang secara aklamasi terpilih, akan menggantikan Robert Zoellick. Dalam pernyataannya, Kim berjanji akan mencari keseimbangan baru di Bank Dunia seiring dengan cepat­ nya perubahan. (AMI)

Presiden Baru Timor Leste Taur Matan Ruak, Selasa 17 April 2012 memenangi putaran kedua pilpres Timor Leste. Mantan Panglima Angkatan Bersenjata Timor Leste ini unggul dengan 59,91 persen atau 190.061 suara. Kandidat lainnya, Francis­

co “Lu-Olo” Guterres dari oposisi Fretilin meraih 40,09 persen. Pilpres kali ini harus dila­ kukan dalam dua putaran, setelah di putaran perta­ ma tak seorang pun calon meraih suara mayoritas.

Proses pemungutan suara berjalan lancar, meski sem­ pat diwarnai penyerangan terhadap salah satu calon. Ruak akan menjabat hingga lima tahun mendatang, dan akan dilantik pada 20 Mei.  (AMI)

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


gaya hidup

Susah Berteman, Awas Asperger!

Gangguan asperger tidak terlihat sejak kecil. Gejalanya baru terlihat saat anak-anak berusia di atas lima tahun. Ciri-cirinya susah berteman. Tidak bisa disembuhkan. Reporter: Ken Yunita thinkstock

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


gaya hidup

Sugar Motta di serial fenomenal Glee Glee

S

ugar Motta, salah satu karakter baru di serial fenomenal ‘Glee’ terlihat begitu aneh. Dengan pede-nya, Sugar selalu mengatakan suaranya bagus dan dia memiliki bakat untuk menjadi bintang besar. “Suaraku bagus dan jauh lebih bagus dibanding kalian semua,” begitu kata Sugar saat hendak mengikuti audisi di Glee Club. Seluruh anggota Glee pun tak sabar mendengarkan suara gadis berambut pirang itu. Dan ow..ow..kuping mereka langsung sakit saat mendengar suara gadis itu. Sebagian langsung menutup telinga sambil memberikan mimik wajah bingung. Namun Sugar tampak tak peduli dengan ekspresi tidak suka itu. Dia terus saja menyanyi dan menari dengan percaya diri. Sugar memang diplot menjadi gadis dengan gangguan sindrom asperger. Perilakunya aneh. Berbicara sembarangan sehingga terkesan tidak peduli orang lain. Namun gadis itu sudah mengetahui soal gangguannya itu. Maka setiap kali dia mengatakan hal kurang enak, dia selalu minta maaf. “Sorry, asperger,” katanya terlihat tak bersalah. Dr. Adriana Ginanjar, psikolog yang concern dengan autisme menyebut, karena perilaku aneh itu, seorang asperger biasanya kurang atau bahkan tidak diterima sama sekali oleh lingkungannya. Dia tidak memiliki teman dekat dan terisolasi. “Makin dia dewasa, terisolasi itu makin terasa, makanya anak-anak dengan asperger ini akan semakin Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


gaya hidup

terasa saat dia beranjak remaja,� kata Adriana saat berbincang dengan majalah detik, Selasa 17 April 2012. Adriana mengatakan, para asperger tidak memiliki insting sosial. Jadi saat dia berada di lingkungan sosial, dia akan tidak tahu bagaimana cara berteman dengan orang lain. Karena gangguan ini, asperger bisa dianggap tidak sopan dan tidak berAnak asperger lebih suka belajar atau membaca buku thinkstock

empati. “Dia kalau tidak suka, akan bilang tidak suka. Jadi kadang-kadang dia dianggap tidak sopan, padahal tidak begitu. Jadi dia membutuhkan bimbingan dan pendamping untuk terus memberitahu dia bagaimana cara bersosialisasi,� kata Adriana.

Permasalahan Asperger Tidak seperti autistik, asperger tidak terlihat sejak kecil. Anak-anak dengan asperger biasanya memiliki IQ normal, bahkan di atas rata-rata. Bahkan banyak anak yang cenderung cerdas dan berprestasi. Kelihatan pintar ini terjadi karena asperger biasanya punya minat yang beda dengan anak-anak kebanyakan. Jika anak-anak senang bermain-main, anakanak ini biasanya lebih suka belajar atau membaca buku. Menurut Adriana, gangguan ini biasanya terlihat saat anak berusia di atas lima tahun atau usia sekolah dasar. Mereka terlihat menutup diri dan tidak Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


gaya hidup

Masalah asperger remaja yang lebih kompleks thinkstock

mau bergabung dengan teman-temannya. Mereka kerap dianggap sebagai anak yang aneh. Padahal, di dalam hati mereka, anak-anak asperger juga memiliki keinginan kuat untuk bergaul. Hanya saja, mereka tidak tahu caranya. “Tapi karena tidak tahu caranya mereka akhirnya menyendiri, memilih membaca buku atau bermain komputer,� kata Adriana. Masalah asperger remaja biasanya lebih kompleks. Termasuk saat dia mulai merasakan benihbenih cinta pada teman sekelasnya misalnya. Delon, bukan nama sebenarnya, remaja dengan gangguan asperger ini harus bertemu dengan psikolog untuk membantunya. Delon jatuh cinta dengan teman sekelasnya di salah satu SMA di Jakarta. Namun cintanya ditolak. Sebelum penolakan itu terjadi, Delon sebenarnya sudah uring-uringan. Hal itu karena gadis yang ditaksirnya terus menganggapnya sebagai orang aneh. �Sejak bertemu psikolog, dia sudah mulai baik, dan memang harus dibantu terus agar dia bisa bersosialisasi dengan baik,� kata ibunda Delon, sebut saja Merry.

Ditemukan pada 1940 Istilah sindrom asperger masih asing. Karena tanda fisik tidak terlihat, kelainan ini agak sulit didiagnosis. Sindrom asperger merupakan kelainan saraf (neurobiological) dan merupakan bagian dari autism spectrum disorders. Disebut begitu karena mengacu gangguan perkembangan saraf termasuk austime. Gangguan ini ditemukan Hans Asperger pada 1940. Saat itu, Hans menemukan beberapa pola perilaku sama yang terjadi pada pasiennya. Rata-rata, kelainan ini terjadi pada anak laki-laki. Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


gaya hidup

Tips untuk Orang Tua Menurut Adriana, asperger bukanlah suatu penyakit. Jadi tidak ada istilah sembuh untuk orang-orang dengan gangguan ini. Sampai dewasa, kesulitan bersosialisasi tetap ada. Namun sebagai orang tua, ada yang bisa dilakukan untuk membantu mereka.

1. 2.

Terus memberikan pendampingan kepada si anak. Memberi evaluasi jika terjadi suatu masalah. Termasuk mengajarkan bagaimana cara mendekati dan bermain bersama teman-temannya di sekolah.

Saat mereka masuk ke sekolah, sebaiknya orang tua menjelaskan kepada gurunya soal kondisi sang anak. Termasuk mencarikan teman sebangku yang cukup dewasa sehingga bisa membantunya bersosialisasi.

3.

Jika diperlukan, ajak si anak bertemu dengan psikolog. Bantuan psikolog biasanya diperlukan saat penderita asperger beranjak remaja karena persoalan lebih rumit dan kompleks. (KEN/YOG)

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


nasional

N A I S K G A A N N K T S I A N L H DA T

A BU AY N A S

E N

Ancaman interpelasi DPR terhadap Kepmen BUMN No. 236/MBU/2011 jadi bumerang. DPR justru dipaksa membuat interpelasi baru, setelah Dahlan Iskan mencabut Kepmen itu. Reporter: Aryo Bhawono

Majalah Majalahdetik detik23 3 - 29 APRIL 2012


nasional

E

Dahlan Iskan sedang memantau staf PLN dok. Detikfoto

dhy Prabowo, anggota Komisi VI DPR dari Fraksi Partai Gerindra sedang uring-uringan. Pasalnya Menteri BUMN Dahlan Iskan tetap bersikeras mempertahankan keputusannya untuk mendelegasikan kewenangan pemerintah kepada Pejabat Eselon I di Kementerian BUMN. Pendelegasian ini diatur dalam Keputusan Menteri (Kepmen BUMN) No. 236/MBU/2011. Dalam Kepmen itu kewenangan Menteri BUMN sebagai wakil pemerintah selaku pemegang saham BUMN didelegasikan kepada Direksi BUMN, Dewan Komisaris, dan Pejabat Eselon I. Dalam dua kali rapat kerja dan sekali rapat dengar pendapat, Komisi VI DPR mencecar Dahlan tentang pendelegasian kewenangan ini. Menurut Edhy, keputusan itu bertentangan dengan UU No. 19/2003 tentang BUMN. Dalam UU itu, penunjukan Direksi BUMN harus melalui mekanisme Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan Tim Penilai Akhir (TPA). Selain itu masa jabatan direksi juga dibatasi. Namun Dahlan tetap bersikeras untuk mempertahankan keputusan tersebut.   “Saya sudah terlalu tersinggung dengan Dahlan Iskan karena mau menang sendiri,” ujarnya kepada majalah detik.  Edhy tak sendiri, Wakil Ketua Komisi VI DPR dari FPDIP Aria Bima mengungkapkan hal serupa. Ia khawatir pendelegasian berlarut-larut akan mengancam kinerja BUMN dan merugikan keuangan negara. ApaMajalah detik 23 - 29 APRIL 2012


nasional

Dahlan Iskan disambut para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) nasabah PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) di Bandung, Jawa Barat. ANTARA/Agus Bebeng

lagi SK ini juga memberi wewenang kepada direksi BUMN untuk melakukan penjualan aset bernilai kurang dari Rp 500 miliar. Padahal menurut UU No. 17/2003 tentang Keuangan Negara dan UU No. 1/2004 tentang Perbendaharaan Negara, penjualan aset BUMN harus mendapat persetujuan DPR, Presiden, dan Menteri Keuangan.  “Kami sudah memutuskan menolak, tapi Dahlan Iskan tetap berkeras dan memberlakukan keputusannya. Kami juga minta ditunda dulu pemberlakuannya,” cetus Eddy. Anggota DPR yang tak sabar lantas mengajukan penggunaan hak interpelasi terhadap ­ Kepmen BUMN No. 236/ MBU/2011. Namun Dahlan tak mau mengalah. Ia bingung ­dengan sikap DPR. Menurutnya kesepakatan dalam rapat kerja dengan DPR adalah melakukan perbaikan terhadap keputusan pendelegasian kewenangan itu. Ia juga mengusulkan untuk meminta fatwa hukum dari Mahkamah Agung (MA).  “Sebenarnya saya tidak paham maksud interpelasi itu. Beberapa anggota DPR memang ngotot berpendapat itu melanggar hukum. Kami ngotot sama sekali tidak melanggar hukum. Sebenarnya jalan yang paling fair adalah minta fatwa MA,” jelas Dahlan. Dahlan juga tak kehilangan akal. Pada Jumat 13 April 2012, ia menandatangani tiga surat keputusan (SK) pendelegasian kewenangan pemerintah kepada Direksi BUMN, Dewan Komisaris, dan Pejabat Eselon I di Kementerian BUMN. Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


nasional

Dahlan Iskan (tengah), didampingi artis Artika Sari Dewi (kiri) dan Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini (kanan), menawarkan e-Toll Card di gerbang tol Cililitan, Jakarta. Rengga Sancaya/detikfoto

Tiga surat itu adalah, SK Menteri BUMN No. 164/ MBU/2012 tentang Penetapan Sebagian Kewenangan Pemerintah Selaku Pemegang Saham kepada Dewan Komisaris dan Direksi, SK Menteri BUMN No. 165/ MBU/2012 tentang Penetapan Sebagian Kewenangan Pemerintah Selaku Pemilik Modal pada Perusahaan Umum kepada Dewan Pengawas dan Direksi, dan SK Menteri BUMN No. 166/MBU/2012 tentang Penetapan Sebagian Kewenangan Pemerintah Selaku Pemilik Modal BUMN kepada Pejabat Eselon I di Kementerian BUMN. Pada waktu bersamaan Dahlan mencabut Kepmen No. 236/MBU/2011. Munculnya surat keputusan baru ini secara otomatis ‘membatalkan’ permohonan interpelasi yang diajukan DPR. Pasalnya, pencabutan objek interpelasi turut mencabut interpelasi. “Karena objek sudah tidak ada maka untuk apa interpelasi itu? Kami perlu ­ pelajari lagi untuk ­menyikapinya,” jelas Refrizal, Anggota Komisi VI dari F-PKS. Tiga fraksi yakni F-PG, F-PKS dan F-PKB sudah memerintahkan agar anggotanya mencabut dukungan mereka atas usulan interpelasi ini. Namun DPR tidak dapat menyikapi keputusan baru ini secara cepat. Pasalnya, tiga SK baru itu ditandatangani tepat sehari sebelum DPR reses hingga tiga pekan ke depan. Tak berhenti di situ, Dahlan juga melancarkan serangan. Saat DPR reses, ia justru merombak direksi Pertamina (Persero). Melalui surat keputusan No. 186/ MBU/ 2012, ia mengganti lima direksi Pertamina. (AMI/YOG)

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


nasional

Mendongkrak

Ical, Menggoyang Golkar

Popularitas Ical masih di bawah Megawati dan Prabowo. Tapi Ical dan kelompoknya dengan pede ingin jadi capres Golkar. Muncul polemik. Reporter: Aryo Bhawono foto: reuters

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


nasional

S

Aburizal Bakrie hadir dalam acara peluncuran novel 'Anak Sejuta Bintang' di Museum Nasional, Jakarta Pusat. Rachman Haryanto/detikfoto

uhu politik di Partai Golkar memanas 2012 ini. Pemicunya soal calon presiden (capres) yang akan dimajukan pada Pemilu Presiden 2014 mendatang. Aburizal Bakrie, ketua umum partai berlambang beringin ini, ingin dirinya lah yang menjadi capres itu. Namun niat ini tidak bisa begitu saja dapat diwujudkan. Meski jadi ketua, tidak berarti mantan Menko Kesra itu otomatis jadi capres. Banyak sandungan mengadang. Ical, memang sudah berkali-kali tanpa ragu menyatakan siap menjadi capres Golkar. Ditemui menjelang ‘Temu Nasional Kader Penggerak Pemerintahan Partai Golkar” di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Sabtu 14 April 2012, Ical menyatakan ­pencapresan dirinya atas permintaan DPD I dan DPD II Golkar. “Sebagai orang yang selalu mempunyai niat baik kepada negara, saya siap,” kata Ical. Namun faktanya, elektabilitas masih menjadi pil pahit bagi Ical. Inilah sandungan pertama Ical. Fakta elektabilitas ini terungkap melalui survei internal. Golkar menunjuk salah satu lembaga survei untuk mengadu elektabilitas Ical dengan tokoh lain di luar partai. Sekretaris Jenderal Golkar Idrus Marham mengungkapkan hasil survei menunjukkan elektabilitas Ical masih di bawah Megawati, Ketua Umum PDIP dan Prabowo Subianto, Capres Gerindra. Elektabilitas Mega mencapai 18%, Prabowo 17%, sedangkan Ical cuma 16%. Meski begitu, kubu Ical tidak menjadi rendah diri. “Kami masih percaya diri. Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


nasional

Toh, survei dilakukan secara terbuka,” ungkap Idrus. Idrus enggan memberikan penjelasan metode survei. Ia hanya memastikan survei ini dilakukan secara terbuka melalui lembaga survei nasional. Meski kalah dibanding Mega dan Prabowo, diyakini pada akhirnya Ical bisa mengalahkan Mega dan Prabowo. Data survei Golkar, popularitas sang ketua umum ini terus menanjak. Idrus memaparkan, survei ini tidak dapat dipandang secara terpisah. Golkar tidak hanya mengukur elektabilitas Ical sekali ini saja. Pengukuran elektabilitas tahunan dilakukan setiap tahun sejak 2010. Tahun 2010, elektabilitas Ical berkisar pada 3-7%, lalu pada tahun 2011 menjadi 7-10%. “Elektabilitas 16% pada 2012 menurutnya merupakan peningkatan yang berjenjang,” tegas Idrus. Wakil Sekjen Golkar Tantowi Yahya menambahkan, Ical sudah punya modal yang cukup dari internal partai. Dibandingkan tokoh Golkar lainnya, yakni Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar, Akbar Tandjung dan mantan Ketua Umum Partai Golkar Jusuf Kalla, Ical masih unggul. “Untuk internal Ical masih yang paling kuat,” jelasnya. Hasil survei ini pun mendapat sambutan dari Fraksi Partai Golkar di DPR. Mereka menginstruksikan anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar agar melakukan kampanye untuk mendongkrak elektabilitas Ical. ‘Kampanye dini’ ini tertuang dalam surat fraksi bernomor INT.00.2130 tertanggal 26 Maret 2012 yang minta anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar untuk membeli 1.000 tas bergambar Ical. Tas ini nantinya

2010, elektabilitas Ical berkisar pada 3-7%, lalu pada tahun 2011 menjadi 7-10%. “Elektabilitas 16% pada 2012 menurutnya merupakan peningkatan yang berjenjang,”

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


nasional

Aburizal Bakrie naik ojeg saat bersilaturahmi dengan warga Cigudeg, Bogor. dok. golkar

akan diisi dengan sembilan bahan pokok (sembako) dan dibagikan kepada konstituen. Selain elektabilitas, pencapresan Ical juga masih terganjal jaminan politik. Untuk menyiasatinya, kemudian dilakukan pemajuan jadwal Rapat Pimpinan Nasional Khusus (Rapimnasus) pada 2012 ini. Rapimnasus yang rencananya digelar pada Oktober dimajukan jadi Juli. Ketua Litbang DPP Partai Golkar Indra J. Piliang mengaku pemajuan jadwal ini bertujuan untuk mengusung Ical sebagai capres. “Untuk berkomitmen bahwa ketua umum sangat layak menjadi calon presiden. Artinya komitmen didapatkan dulu, apakah ada dukungan untuk ketua umum atau tidak? Sehingga kita punya politik yang lebih ringan pada awal 2013,� ungkapnya. Pemajuan jadwal ini diklaim didukung oleh 27 dari 33 DPD Partai Golkar di tanah air. Mereka juga turut mendukung pengusungan Ical sebagai capres Golkar. Namun langkah Ical untuk mendapat jaminan politik ini belum berjalan mulus. Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tandjung mengkritik langkah Ical cs untuk penentuan capres mengabaikan prinsip demokrasi. Menurut Akbar, sudah terjadi penggiringan pencapresan sebelum Rapimnasus digelar. Padahal secara organisasi, pengusungan harus melalui tahap uji kelayakan. “Rapimnasus akan melihat hasil surveinya. HarusMajalah detik 23 - 29 APRIL 2012


nasional

nya itu kan masih belum tentu siapa calonnya,� tegasnya. Ketua DPP Golkar Hadjrianto Tohari kembali mengingatkan peningkatan elektabilitas Ical dalam hasil survei masih belum kuat. Secara organisasi, Golkar belum menentukan lembaga survei yang akan digunakan untuk menjadi referensi Rapimnasus kelak. (ARY/YOG)

Rapimnas Vs Konvensi

G

dok. golkar

olkar memang melalui jalan berliku dalam mengusung capres. Pada periode kepemimpinan Akbar Tandjung, mereka menentukan capres melalui konvensi. Pada 2004, Akbar yang saat itu menjabat sebagai ketua umum kalah dari Wiranto. Namun kader Golkar lainnya, JK tetap mengajukan diri sebagai cawapres bersama SBY. Menang di pilpres 2004, JK lantas mengambil alih tampuk kepemimpinan Golkar. Pada 2009, Golkar mengajukan JK sebagai capres melalui jalur Rapimnas. Rapimnas ini hanya diselenggarakan tiga pekan sebelum pemilu 2009 digelar, dan JK yang berpasangan dengan Wiranto mengalami kekalahan. Tampuk Ketua Umum Partai Golkar lalu digantikan oleh Ical melalui Musyawarah Nasional VIII di Pekanbaru, Riau. Golkar lantas memilih untuk bergabung dengan koalisi pemerintah yang mengalahkan JK dalam Pemilu 2009. Dari sejarah itu, capres Golkar baik diputus melalui konvensi ataupun Rapimnas, kalah dalam Pemilu. Lantas akan seperti apa nasib Ical? (ARY/YOG) Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


nasional

Hitam Putih

Sudomo “Kita dulu memang berbeda pandangan, tapi saya tidak dendam,� kata AM Fatwa tentang sosok almarhum Sudomo. Reporter: Bahtiar Rifai

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


nasional

T

Soeharto bersalaman dengan Sudomo di suatu acara. arsip negara

ahun 1982. AM Fatwa tengah memacu kendaraannya di Jl. Pattimura, Kebayoran, Jakarta. Di lokasi yang tak jauh dari masjid Al Azhar itu, ia didekati oleh dua orang pemuda berboncengan sepeda motor. Tanpa ba-bi-bu, mereka mengayunkan celurit ke bekas Wakil Ketua MPR itu. Senjata tajam itu mengenai kepala Fatwa. Darah mengucur dengan deras. Dalam kondisi berlumuran darah itu, Fatwa masih mampu melarikan mobilnya ke Rumah Sakit Mintohardjo di Bendungan Hilir. Di RS milik Angkatan Laut (AL) itu, Fatwa mendapatkan 12 jahitan. Beruntung nyawanya selamat. Peristiwa 30 tahun lalu itu masih teringat jelas oleh Fatwa. Kejadian itu merupakan rangkaian ketegangan antara ia dengan Jenderal Sudomo. Dua tahun sebelumnya, Fatwa disiksa oleh anak buah Sudomo karena ikut menandatangani Petisi 50. Gugatannya atas penyiksaan itu berujung teror. Fatwa pernah ditangkap Sudomo dan dipenjara 18 tahun pascaperistiwa Tanjung Priok 1984. Kini Sudomo telah tiada. Fatwa mengaku tak menaruh dendam sedikit pun kepada Sudomo. Sudah sejak lama ia melupakan pengalaman kelamnya itu. Hubungannya dengan Sudomo menjelang meninggal pun baik-baik saja. Ia pernah diberi mobil saat keluar dari penjara pada tahun 1994. Ia juga pernah menggelar syukuran ketika Sudomo kembali masuk Islam pada 1997. Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


nasional

“Kita dulu memang berbeda pandangan, tapi saya tidak dendam,” ujarnya. lll

Harmoko sedang memfoto Sudomo. arsip negara

Sudomo mengembuskan napas terakhirnya pada Rabu 18 April 2012 di Rumah Sakit Pondok Indah. Loyalis penguasa Orde Baru, Soeharto, itu menderita penyempitan di bagian pembuluh otak. Ia dimakamkan secara kenegaraan di TMP Kalibata. Wakil Presiden Boediono bertindak sebagai inspektur upacara. Sebelum ditunjuk sebagai Pangkopkamtib 19781983, Sudomo menduduki jabatan Kepala Staf TNI AL. Pria kelahiran Malang, Jawa Timur, 1926 itu, kemudian menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Menteri Tenaga Kerja (1983-1988), Menkopolkam (19881993), dan Ketua Dewan Pertimbangan Agung (1993-1998). Sepanjang kariernya, kehidupan Sudomo banyak diwarnai kontroversi. Sejarawan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Asvi Warman Adam menyebut begitu sulit untuk mendefinisikan warna kehidupan Sudomo. Sudomo seperti memiliki dua sisi, yaitu antagonis dan protagonis. “Akan selalu ada orang yang berterima kasih pada Sudomo. Tapi dari sisi korban pelanggaran HAM, Orde Baru, menyengsarakan mereka,” kata Asvi. Menurutnya, ada catatan sejarah yang diukir oleh Sudomo, yakni saat berupaya membebaskan Papua dari Belanda. Sudomo yang masih berpangkat kolonel AL, memimpin tiga kapal torpedo ke Papua pada 1962. Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


nasional

Suasana di rumah duka. dikhy s/detikfoto

Ketiga kapal itu dihadang oleh kapal perusak Belanda. Satu kapal, KRI Macan Tutul tenggelam. Komodor Yos Sudarso tewas dalam kejadian itu. Peristiwa itu penuh kontroversi, karena menurut Asvi amat aneh mengapa TNI Angkatan Udara tak mem-backup operasi itu. Belakangan, kejadian itu memicu hubungan tidak harmonis antara TNI AU dan AL. KASAU saat itu Surjadi Surjadarma dicopot dan digantikan Oemar Dhani. Jabatan Sudomo saat menjadi Pangkopkamtib penuh dengan peristiwa berdarah. Dekade awal kepemimpinan Soeharto diwarnai banyaknya peristiwa penembakan misterius atau petrus. Mayat-mayat ditemukan dalam karung, kolong jembatan, atau tergenang di selokan. Dalam otobiografinya, Soeharto mengakui mendalangi operasi petrus sebagai shock therapy maraknya premanisme. Komnas HAM masih menyelidiki kasus petrus itu. Ketua Subkomisi Pemantauan Komnas HAM, Johny Nelson, menyatakan, Sudomo harus bertanggung jawab. Namun, sebelum hasil penyelidikan Komnas HAM diplenokan pada Mei mendatang, Sudomo, aktor sejarah petrus yang masih tersisa, meninggal. Sudomo juga diduga mendalangi pembantaian petani di Lampung tahun 1989. Sebanyak 88 orang hilang, 164 orang ditangkap dan ditahan, 48 diadili sewenang-wenang, dan 167 lainnya tewas. Sudomo pernah dimintai keterangan oleh Komnas HAM dalam kasus pelanggaran HAM berat ini, tetapi ia mengaku tidak tahu. Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


nasional

Wapres Boediono menjadi irup pemakaman Sudomo. dikhy s/detikfoto

Tahun 1990-an, Sudomo yang waktu itu menjabat Menkopolkam menggagas proyek Sumbangan Dana Sosial Berhadiah (SDSB), semacam judi tebak nomor. Misinya untuk membantu dana olahraga. Akan tetapi, masyarakat makin miskin akibat membeli SDSB itu. SDSB itu didemo oleh para ulama. Tokoh reformasi Amien Rais sering menyindir istilah SDSB itu dengan kalimat “Sudomo Datang Semua Bubrah (kacau balau).” Lain orang, lain pula memandangnya. Pemerintah melalui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menisbatkan Sudomo sebagai salah satu putra terbaik bangsa Indonesia. Sudomo berjasa mengembalikan Papua ke pangkuan RI. Melalui jabatannya di pemerintahan, Sudomo juga banyak memberikan sumbangsih pembangunan. “Saya kira banyak yang almarhum lakukan untuk negara kita, untuk bangsa kita di masa damai maupun di masa kita menghadapi ancaman dari negara lain,” ucap SBY. Di mata keluarga, Sudomo adalah tipe kepala keluarga yang disiplin, tapi juga lucu. Martini Yuanita Ampera Putri, anak Sudomo dari hasil pernikahannya dengan Fransisca Piay, mengatakan, suatu ketika ayahnya ingin mengajak nonton film. Uniknya, ajakan itu disampaikan melalui sepucuk surat. “Siapa yang nggak mau ikut? Kalau mau ikut check list filmnya, kalau nggak mau, nggak usah,” kata Martini. (IYE/YOG) Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


hukum

Kekalahan

berseri Nissan

“Saya sebenarnya penggemar Nissan. Jadi saya ini dan Nissan itu ibaratnya benci tapi rindu.� Reporter: Irwan Nugroho

L

udmilla Arif meninggalkan gedung Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan lega. Sudah enam kali, ia harus izin ke atasannya untuk mengikuti sidang banding yang dilayangkan PT Nissan Motor Indonesia (NMI). Kini, karyawati sebuah perusahaan di kawasan SCBD, Jaksel, itu, bisa kembali kerja dengan tenang. Tapi yang lebih membuat ibu dua anak ini gembira adalah putusan hakim Mohammad Razzad. Hakim menolak banding Nissan agar putusan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dibatalkan. Pada 16 Februari, BPSK memenangi gugatan yang diajukan Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


hukum

Ludmilla Arif dan Aryo detikfoto

Milla, panggilan akrabnya, terhadap raksasa otomotif asal Jepang itu. BPSK menyatakan iklan irit bahan bakar minyak (BBM) pada mobil keluaran Nissan, March, melanggar ketentuan. BPSK juga menghukum Nissan mengembalikan uang Rp 150 juta yang digunakan Milla untuk membeli mobil March itu. Transaksi jual-beli antara Milla dan Nissan pun dinyatakan batal hari itu juga.  “Alhamdulillah, hakim PN Jaksel menguatkan keputusan BPSK,” kata Milla, saat ditemui majalah detik usai persidangan Selasa, 17 April 2012. Gugatan Milla terhadap Nissan di BPSK bermula saat ia membeli Nissan March tipe 1,2 AT (automatic) pada 2011. Milla jatuh hati pada March setelah membaca berita yang menyebut konsumsi BBM mobil itu mencapai 18 km per liter. Selain berita, Milla juga mendapat informasi langsung dari sales Nissan yang menggelar pameran di Senayan City. Di brosur iklan, tercantum Nissan March yang bertransmisi manual mengonsumsi BBM 1 liter untuk 21,8 km berdasarkan artikel majalah AutoBild edisi 197. Tapi, setelah dikendarai selama 1-2 bulan, Milla mendapati konsumsi BBM mobilnya tak seperti yang dijanjikan. Untuk satu liter BBM jenis pertamax, mobil Milla yang berwarna silver metalik itu hanya bisa menempuh jarak 7,9 sampai 8,5 Km. “Dalam hati kok, duh, bentar-bentar isi bensin. Jadi sangat boros,” ucap warga Warung Buncit, Jaksel, ini. Milla yang menganggap Nissan telah berbohong berulang kali mengajukan komplain ke pihak NMI. Ia juga menanyakan langsung melalui surat elektronik perihal borosnya konsumsi BBM itu ke markas Nissan di Jepang. Namun, tak pernah ada jawaban memuaskan. Akhirnya seorang diri ia mengajukan gugatan ke BPSK pada Oktober 2011. Milla minta Nissan mengembalikan uang pembeliMajalah detik 23 - 29 APRIL 2012


hukum

Milla dan pengacaranya, David Tobing detikfoto

an mobil March itu sebesar Rp 159 juta. Tapi, pihak Nissan hanya bersedia membeli sesuai harga second sebesar Rp 138 juta. Pembelian kembali itu pun bukan pengakuan kesalahan dari Nissan, melainkan semata-mata untuk menghormati kekecewaan konsumen. Akhirnya, BPSK mengambil jalan tengah. Nissan harus membeli kembali mobil milik Milla seharga Rp 150 juta. “Saya bilang, kalau cuma Rp 138 juta saya nggak akan ke BPSK. Mending saya jual saja sendiri,� ucap Milla. Namun, rupanya putusan BPSK tak seketika membuat uang Milla kembali. Nissan yang menudingnya berbuat tipu muslihat, mengajukan banding. Di PN Jaksel, Milla tak sendiri lagi. Pengacara publik David Tobing mendampinginya untuk memberi bantuan hukum. Di samping itu, muncul dukungan dari pengguna March lainnya yang mengeluhkan hal sama. Kepada majalah detik, Aryo, yang juga pemilik March mengatakan, saat baru naik mobilnya selama empat hari, ia merasa March sangat boros. Ia pernah menguji konsumsi mobilnya itu dengan meluncur dari Depok, Monas, dan kembali ke Depok. Hasilnya, ratarata mobil itu menghabiskan BBM 1 liter per 10 km. Aryo pun sudah mengajukan komplain ke bengkel Nissan maupun ke Kantor Pusat NMI di Jl. TB Simatupang, Jaksel. Sama seperti Milla, ia juga tak mendapat jawaban yang memuaskan. Bedanya, bila Milla menempuh jalur hukum, Aryo melakukan aksi gila dengan menempelkan stiker boros BBM di mobil dan Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


hukum

Ludmilla Arif dan mobilnya Nissan March detikfoto

kaosnya. Ia tak takut, meski beberapa kali ‘diteror’ setelah aksi itu. Aryo menyayangkan Nissan yang tak memperlakukan konsumen secara elegan. Berbekal putusan sengketa Milla dan Nissan, maka Aryo pun berencana mengikuti jejak rekan sesama penderitaan itu ke BPSK. “Saya sebenarnya penggemar Nissan. Jadi saya ini dan Nissan itu ibaratnya benci tapi rindu,” kata Aryo yang mengoleksi dua mobil Nissan klasik ini. David Tobing minta Nissan beriklan secara jujur. Mengutip amar putusan BPSK, Nissan telah memasang iklan yang tidak benar atau mengandung janji yang belum pasti. Hal itu tegas dilarang dalam UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Pihak Nissan berulang kali menyangkal March boros BBM. Nissan telah melakukan empat kali tes terhadap mobil Milla. Dari pengetesan itu, total bahan BBM yang digunakan 3,19 liter untuk jarak 80 km dari pom bensin Ciputat hingga Rorotan PP. Tes juga dilakukan atas mobil Aryo, dan Nissan mengklaim tak ada masalah. Kuasa Hukum Hinca Panjaitan menegaskan Nissan beriklan secara jujur terhadap produk March. Bukti yang dibawa Milla ke pengadilan adalah klaim BBM March di pemberitaan. Berita adalah produk jurnalistik yang beda dengan iklan. Sementara Manajer Pemasaran NMI Indrie Hadiwidjaja mengatakan pihaknya akan kasasi ke Mahkamah Agung. (WAN/YOG)

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


hukum

Iklan Irit Bikin Menjerit Reporter: Syubhan Akib

G

ugatan Ludmilla Arif (Milla) terhadap produsen mobil March miliknya, PT Nissan Motor Indonesia (NMI), bisa jadi yang pertama kali di Indonesia. Milla merasa konsumsi BBM mobilnya sangat boros, tak seperti yang dijanjikan dalam iklan March. Oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK), gugatan Milla itu dimenangkan. Nissan wajib mengembalikan duit Milla sebesar Rp 150 juta, lebih rendah Rp 9 juta dari uang yang dipakainya untuk membeli mobil itu. Di luar negeri, kasus yang sama pernah terjadi pada 2012 ini. Seorang wanita warga Los Angeles, Amerika Serikat (AS) bernama Heater Peters, menggugat produsen mobil Jepang, Honda. Peters adalah pemilik mobil Civic Hybrid buatan Honda tahun 2006. Ia jengkel dengan klaim irit BBM Honda pada mobil itu. Menurut Peters, dalam iklannya, Honda mengklaim, efisiensi mobil kelas sedan itu adalah 50 mpg atau sekitar 21,2 km per liter. Namun, ternyata mobil yang dipakainya memiliki tingkat efisiensi lebih rendah, sekitar 12,7 km per liter. Karena merasa

ditipu, ia pun melayangkan gugatan kepada Honda. Peters menuntut Honda membayar ganti rugi sebesar US$ 10 ribu atau sekitar Rp 90 juta, karena ia harus membeli BBM lebih banyak untuk mobilnya. Februari 2012 lalu, pengadilan Los Angeles mengabulkan gugatan Peters itu. Honda diwajibkan membayar US$ 9,867 kepada Peters, angka yang mendekati nilai ­gugatannya. “Ini adalah kemenangan bagi pemilik Civic Hybrid di mana pun,� ujar Peters kepada AFP saat itu. Honda sebelumnya mengumumkan bahwa baterai Civic hybrid keluaran 2006-2008 lebih cepat rusak daripada yang diperkirakan. Akibat dari itu, mobil pun lebih bergantung pada mesin bensinnya, dan praktis membuat bensin lebih boros. (WAN/YOG)

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


hukum

Karena Nuki Terjerumuslah Siti Bekas Menteri kesehatan Siti Fadilah Supari dijerat kasus korupsi oleh Mabes Polri. Ia ditetapkan sebagai tersangka. Siti menuding ada pihak yang ingin menjerumuskannya. Reporter: Isfari Hikmat dan Irwan Nugroho

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


hukum

S

Gedung KPK

dikhy/detikfoto

iti Fadilah Supari memilih berdiam diri di rumahnya nan asri di Kompleks Billy Moon, Pondok Kelapa, Jakarta Timur (Jaktim). Sejak akhir pekan ke-2 April 2012, nama bekas Menteri Kesehatan ini menghiasi media massa. Ia ditetapkan jadi tersangka kasus korupsi di Departemen Kesehatan (kini Kementerian Kesehatan) tahun 2005. “Saya berani keluar rumah setelah ada pengacara saya, Sitorus Situmorang,” ucap anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) itu. Status Siti pertama kali diungkap bekas anak buahnya, Mulya Hasjmy dan Hasnawati, di Pengadilan Tipikor, Jumat 13 April 2012. Mulya saat itu bersaksi untuk kasus pengadaan alat kesehatan (alkes) wabah flu burung tahun 2007. Terdakwanya, M. Naguib, bekas direktur pemasaran sebuah anak perusahaan Indofarma Tbk. Mulya sendiri merupakan terdakwa dalam kasus yang disidik KPK itu. Sementara Siti juga berulang kali diperiksa KPK. Menurut Mulya, bekas Kepala Pusat Penanggulangan Masalah Kesehatan di Depkes, itu, ia mendatangi Mabes Polri dua pekan sebelumnya. Di sana, ia diperiksa sebagai saksi dalam kasus pengadaan alkes untuk Kejadian Luar Biasa (KLB) Depkes tahun 2005. “Untuk tersangka Siti Fadilah Supari,” kata Mulya. Informasi yang sama juga diungkapkan Hasnawati, stafnya. Mulya melanjutkan, kasus itu bermula dari permintaan alkes oleh dua rumah sakit, yaitu RS Sulianti Saroso Jakarta dan RS Haji Sahudin, Aceh Tenggara.  Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


hukum

Saat itu Mulya baru menjabat sebagai Kepala Pusat Penanggulangan Masalah Kesehatan. Sebelumnya, dia bertugas sebagai Kadinkes Provinsi Aceh. Sebagai kuasa pengguna anggaran dan pejabat pembuat komitmen (PPK), Mulya langsung membentuk panitia pengadaan alkes. Namun, tak satu pun dari mereka yang memenuhi sertifikat pengadaan barang dan jasa pemerintah. Karena situasi mendesak, ia menggunakan langkah cepat dengan penunjukan langsung sesuai ketentuan Keppres No. 80/2003. Tak berapa lama, tiba-tiba ia didatangi empat orang yang mengaku dari PT Indofarma. Mereka mengatakan Menkes Siti telah menyetujui proyek pengadaan alkes KLB untuk dua RS itu. Mulya kaget, karena proyek itu belum pernah diumumkan ke publik. Tak langsung percaya, Mulya pun menemui Siti. Menurut Mulya, Siti membenarkan sambil tersenyum. “Iya benar itu, tolong bantu, ya,” kata Mulya menirukan Siti. Di antara empat orang itu, terdapat nama Nuki, seorang supplier alkes. Nuki disebut-sebut merupakan adik ipar bekas Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Soetrisno Bachir. Pada 2010, namanya pernah diucapkan oleh bekas Komisaris PT Kimia Farma, Budiarto. Saat itu, Budiarto yang baru divonis 5 tahun penjara dalam kasus rontgen portable milik Depkes menyebut Nuki adalah adik Soetrisno. Nuki lah penikmat terbesar proyek itu. Status tersangka Siti awalnya masih ditutupi Mabes Polri. Namun kemudian tersingkap setelah Kejaksaan Agung mengaku menerima Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) kasus alkes dari Mabes

Saat itu, Budiarto yang baru divonis 5 tahun penjara dalam kasus rontgen portable milik Depkes menyebut Nuki adalah adik Soetrisno.

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


hukum

Yusril Ihza Mahendra dikhy/detikfoto

Polri 28 Maret 2012. Di SPDP itu tertera nama Siti sebagai tersangka. Dijelaskan dalam SPDP itu, kasus alkes KLB Depkes sepanjang OktoberNovember 2005 telah merugikan negara Rp 6.148.638.000. Selasa, 17 April 2012, Kabareskrim Komjen Pol Sutarman mengakui Siti telah berstatus tersangka. Menurut mantan Kapolda Metro Jaya itu, Siti telah datang atas inisiatif sendiri untuk diperiksa sehari sebelumnya. Siti terseret dalam kasus itu karena dianggap telah menyetujui penunjukan langsung pengadaan alkes oleh Mulya. Siti dikenai pasal 2 dan 3 UU Nomor 31/1999 tentang Pemberantasan Korupsi junc­ to pasal 56 KUHP. “Ada usulan pejabat pembuat komitmen yang menyebabkan Ibu harus ikut bertanggung jawab,” jelas Sutarman. Siti mengaku bingung dijadikan tersangka. Ia harus mengingat kembali apa kebijakannya yang salah. Perempuan asal Solo itu merasa tak melanggar UU. Ia curiga ada yang ingin menjebloskannya ke penjara. Untuk melawan itu, Siti telah menggandeng pengacara, salah satunya mantan Menkum HAM Yusril Ihza Mahendra. Ditanya apakah mengenal Nuki, Siti enggan menjawab. “Semua keterangan sudah saya klarifikasi ke Polri. Saya tak akan jawab hal-hal yang demikian,” ucap Siti. (WAN/YOG) Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


hukum

Vonis Ringan untuk Sang Pengendali Muhammad Nazaruddin divonis penjara 4 tahun 10 bulan oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. Hukuman itu dinilai terlalu ringan. KPK berjanji menggeber kasus Wisma Atlet.

Reporter: Irwan Nugroho dan Bahtiar Rifai

M

uhammad Nazaruddin cengar-cengir. Tak ada rasa bersedih atau menyesal di wajah mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itu. Jumat 20 April 2012, itu, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi baru saja menjatuhkan vonis 4 tahun 10 bulan penjara untuk Nazar. Di salah satu episode kasus suap pembangunan Wisma Atlet SEA Games XXVI di Palembang, Sumatera Selatan, itu, Nazar juga didenda Rp 200 juta. Jika Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


hukum

Nazaruddin bersama pengacaranya detikfoto

tak membayar, ia harus meringkuk di tahanan selama 4 bulan. “Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi,� kata Ketua Majelis Hakim Darmawati Ningsih. Kaburnya Nazar ke Kolombia saat kasus Wisma Atlet meledak awal 2011 jadi pemberat. Gara-gara itu, negara harus mengeluarkan uang sangat besar untuk menyeretnya pulang. Ia juga tercatat sebagai anggota DPR yang telah memberikan contoh buruk bagi masyarakat dengan berbuat korup. Kepada Nazar, hakim mengatakan, hukuman penjara itu dikurangi masa tahanan. Tapi, rawat inapnya di rumah sakit tak masuk hitungan. Hakim juga menyatakan pemblokiran rekening miliknya tak bisa dibuka. “Pemblokiran itu masih diperlukan untuk perkara lain,� kata anggota majelis hakim, Masruddin Nainggolan. Nazar terbukti menerima fee dari kontraktor pembangunan Wisma Atlet, PT Duta Graha Indah (DGI). Fee itu berupa lima lembar cek bernilai Rp 4,675 miliar. Empat lembar cek Bank Central Asia (BCA) mengalir pada Februari 2011. Sedangkan, 1 cek bernilai Rp 335 juta dari Bank Mega mengalir pada Maret berikutnya. Cek yang diserahkan oleh Manager Marketing DGI, Mohammad El Idris, itu diterima Wakil Direktur Keuangan Permai Group, Yulianis, dan juga Octarina Furi, pegawai holding company itu. Setelah dicairkan, Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


hukum

Andi Mallarangeng ramses/detikfoto

uang itu disimpan di brankas Nazar dan Neneng Sri Wahyuni, istrinya, di Kantor Permai Group, Jl. Warung Buncit, Jakarta Selatan. Bantahan Nazar bahwa ia bukan lagi pemilik Permai Group, dimentahkan hakim. Memang, sejak jadi anggota DPR pada 2009, ia telah mundur dari Permai Group. Namun faktanya, ia tetap pengendali holding itu. “Terdakwa adalah directing mind dari perusahaan itu,” ucap Masruddin. Karena posisi itulah Nazar dapat menggangsir APBN secara sistematis melalui perusahaannya. Ia menyalahgunakan wewenangnya sebagai anggota DPR agar PT DGI memperoleh tender Wisma Atlet. Ia mengatur sejumlah pertemuan pihak-pihak yang terlibat dalam proyek itu. Mereka adalah DGI, Direktur Marketing PT Anak Negeri Mindo Rosalina Manulang, Angelina Sondakh (Komisi X DPR), dan pejabat Kemenpora (Menpora Andi Mallarangeng dan Sesmen Wafid Muharam). Nazar menolak putusan itu. Usai persidangan, seperti biasa, ia kembali melempar tudingan. Bukan ke Ketua Umum PD Anas Urbaningrum, melainkan ke Menpora Andi Mallarangeng dan mantan koleganya di Komisi X DPR. Mereka, sebutnya, adalah pihak yang paling bertanggung jawab. Nazar juga menyangkal menyimpan uang hasil pencairan cek di dalam brankas. “Itu yang saya terkejut, melihat saja tidak pernah,” katanya. Beragam tanggapan muncul menyikapi vonis Nazar yang lebih rendah dari tuntutan jaksa itu. Sebelumnya, Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


hukum

Angelina Sondakh rachman/detikfoto

jaksa menuntutnya 7 tahun penjara. Elite PD dari kubu Anas gembira dengan putusan itu. Pasalnya, hakim menyebut uang dari Wisma Atlet itu tak terkait dengan pemenangan Anas dalam kongres PD 21-23 Mei 2010 di Bandung, Jawa Barat. Sebelumnya, berulang kali Nazar menyebut uang miliaran rupiah mengalir untuk memenangkan Anas. Nazar sendiri timses Anas saat itu. “Itu bukti kami bersih. Kami sangat lega,” kata Ketua DPP PD Ramadhan Pohan. Sedangkan ICW kecewa. Seharusnya vonis Nazar sama atau bahkan lebih tinggi dibanding tuntutan jaksa. Perkara Nazar banyak. ICW berharap, pada kasus berikutnya itu, Nazar bisa mendapatkan hukuman yang lebih maksimal. “Nanti harus maksimal, karena yang terpenting kan kelanjutan pascavonis itu,” ucap Wakil Koordinator ICW Emerson Yuntho. KPK menghormati vonis itu. Putusan bersalah Nazar membuka peluang untuk melanjutkan pengusutan pihak-pihak lain yang terlibat. Setelah Nazar, KPK akan segera memeriksa Angie, yang sudah jadi tersangka kasus itu. “Juga tidak akan berhenti pada Angelina,” kata Jubir KPK Johan Budi SP. (WAN/YOG)

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


kriminal

Kematian Tragis

Dosen UI

Seorang dosen Universitas Indonesia (UI) ditemukan tewas di rumahnya. Dosen yang berdedikasi. Dikenal suka memberi oleh-oleh kepada para tetangganya. Reporter: Bahtiar Rifai

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


kriminal

S

Prof Dr Isbandi, sejawat almarhumah bahtiar r/detikfoto

uasana duka masih terasa di Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI), Selasa 17 April 2012. Dua hari sebelumnya, salah satu dosen terbaik di departemen itu meninggal dunia. Suwantji Siswohardjo (73), nama dosen senior itu, meninggal di rumahnya, Kompleks Larangan Indah, Tangerang, Minggu, 15 April 2012. “Kami mendapat kabar kematian ibu Suwantji Minggu pukul 17.30 WIB,” ucap Arief Wibowo, sejawat almarhumah, saat ditemui majalah detik di Kampus UI, Depok, Jawa Barat. Menurut Arief, yang menambah kaget civitas akademika UI adalah almarhumah ditemukan meninggal dalam kondisi tak wajar. Suwantji diduga tewas akibat dibunuh. Terakhir kali para dosen bertemu dengan almarhumah Senin 9 April  2012 saat mengambil tiket. Saat itu, rencananya almarhumah hendak menghadiri Kongres Ikatan Pendidikan Pekerjaan Sosial Indonesia (IPPSI) di Yogyakarta. “Beliau adalah salah satu penggagas kongres itu,” kata Arief. Departemen atau jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial sendiri didirikan almarhumah pada 1962. Suwantji sebetulnya juga sudah pensiun di usianya yang ke-65. Namun, tenaganya masih dibutuhkan sebagai pengampu mata kuliah Hukum Pembangunan dan Perundang-undangan Sosial di jurusan tersebut. Meski sudah uzur, Suwantji masih semangat untuk mengajar. Kondisi fisiknya juga masih kuat. Jalannya cepat. Ia juga membimbing beberapa mahasiswa strata 1 di kampus. “Beliau adalah sosok yang memberi warna bidang keilmuan kesejahteraan sosial di Indonesia,” kata Prof. Dr. Isbandi, Kepala Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial kepada majalah detik. *** Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


kriminal

Foto Suwantji di antara dosen-dosen Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP UI bahtiar R/detikfoto

Suwantji terbang ke Yogyakarta pada Selasa 11 April 2012. Di Kota Gudeg, nenek yang memilih melajang sejak muda itu menginap dua malam. Kamis dua hari setelahnya, Suwantji pulang ke rumahnya di Jl. Kalpataru RT 05/07 No. 28, Kompleks Larangan Indah. Di rumah yang menyempil di pojokan itu, Suwantji tinggal sendiri. Tetangga mengenalnya sebagai warga yang baik. Keluar-masuk kompleks, Suwantji selalu menggunakan becak dengan alasan bagi-bagi rezeki kepada masyarakat kecil. Ia juga sering memberikan oleh-oleh kepada para tetangga bila pulang dari tugas di luar negeri. Suwantji mempunyai seorang adik bernama Kurniawan, yang tinggal sekompleks, tetapi berbeda RT. Kurniawan selalu mengawasi kakak kandungnya itu. Ia biasa menelepon atau berkunjung untuk mengetahui kondisi almarhumah. Namun, Minggu 15 April itu, telepon dan SMS-nya tak berbalas. Kurniawan pun khawatir terjadi sesuatu pada Suwantji. Ia mengutus Sulamto untuk mengecek keadaan kakaknya. Setibanya di rumah, Sulamto mendapati pagar rumah bercat putih itu terbuka. Beberapa kali diketuk, tak ada jawaban dari dalam rumah. Sulamto yang curiga lalu memanggil keluarga agar datang dengan membawa kunci cadangan. Benar saja, ketika masuk ke dalam rumah, kamar korban terlihat acak-acakan. Laci dan kotak perhiasan tempat korban sudah terserak di lantai dan tempat tidur korban. Sulamto berlari ke belakang rumah. Di lokasi itu, ia melihat Suwantji tergeletak di teras belakang. Tubuhnya sudah kaku membiru sambil duduk bersandar di dipan belakang. “Leher beliau memar dan bercak darah di sekitar tubuhnya,� ucap Sulamto menceritakan. Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


kriminal

Rumah Suwantji di Kompleks Larangan Indah bahtiar R/detikfoto

Betty, istri Kurniawan, tak sanggup melihat kondisi kakak iparnya yang mengenaskan. Ia menangis di depan rumah sambil terkulai lemas. Beberapa saat kemudian, keluarga menghubungi Polsek Ciledug. *** Seminggu berselang sejak munculnya kasus yang menggemparkan itu, polisi menangkap Satrio Utomo (44). Pria itu tak lain adalah keponakan korban. Polisi menetapkannya sebagai tersangka kasus pembunuhan Suwantji. Diduga, Satrio membunuh pada Jumat 13 April. Kepada polisi, Satrio mengaku perbuatannya itu nekat dilakukan karena terdesak kebutuhan. Ia bermaksud meminjam uang kepada tantenya itu untuk membayar kontrakan. Namun, Suwantji tak mau meminjaminya. “Kontrakannya menunggak sudah 3 bulan,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto. Karena kesal permintaannya tak dipenuhi, Satrio kalap. Ia langsung memukul dan mencekik leher korban. Tak hanya itu, korban juga disetrum dengan alat yang sudah disiapkan. Usai membunuh, Satrio kemudian menguras perhiasan dan harta benda lainnya milik Suwantji. Satrio, yang dibekuk di Jakarta Selatan, kini mendekam di Polres Tangerang. “Kita mengamankan satu orang. Tapi kita proses untuk mencocokkan keterangan satu dengan yang lainnya,” kata Kasat Reskrim Polres Metro Kota Tangerang AKBP Rahmat. (WAN/YOG) Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


Quote

Kutipan Hari Kartini

Menurut aku yang ditiru dari Kartini itu semangatnya. Menikah bukan berarti diam di rumah

GKR Hemas

Nova Eliza

Saya melihat masalahnya yang ditonjolkan selalu emansipasi. Kok nggak maju-maju sih. Buat saya, Hari Kartini itu juga memberikan inspirasi

Di era sekarang ini, para perempuan masih terdiskriminasi. Bahkan di perdaperda yang dikeluarkan oleh daerah-daerah tertentu. Itu harus dicabut

Christine Hakim

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


people

Reporter: Ken Yunita

Rilis Single ‘Payphone’ Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


people

Reporter: Ken Yunita

Tap pada gambar untuk melihat video clip Payphone-Maroon 5

S

etelah sekitar dua tahun vakum, Maroon 5 kini kembali meramaikan dunia musik. Grup pengusung genre pop rock asal Amerika Serikat (AS) itu merilis single terbaru, ‘Payphone’. Single itu diluncurkan di ajang pencarian bakat ‘The Voice’, 16 April lalu, bersamaan dengan video klip berlirik. Mereka menggandeng penyanyi dan rapper AS Wiz Khalifa. Video klip lagu itu tidak biasa. Terdiri dari satu rangkaian cerita kartun. Liriknya ditulis seakan-akan merupakan kata-kata dari si tokoh kartun, yakni sang vokalis Adam Levine. Peluncuran single ini boleh dibilang menjadi pre-launch album keempat Maroon 5, Overexposed. Rencananya, album itu akan dirilis 26 Juni 2012 mendatang.  Lalu mengapa grup pelantun ‘Misery’ itu memilih Wiz Khalifa untuk bersama-sama menyanyikan ‘Payphone’? Lewat kicauan di Twitter, Levine menyebut pemenang American Music Award 2011 itu memang menarik diajak berkolaborasi. “Didn’t really want to have a collaboration on the album but we heard @RealWizKhalifa was interested He’s the future #Payphone,” tulis Levine. (KEN/YOG)

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


people

Perjuangan Pak Raden untuk Si Unyil Reporter: Ken Yunita

M

ereka yang saat ini berusia antara 25 tahun hingga 30 tahun, pasti ingat dengan sosok yang satu ini. Paling diingat tentu kumisnya yang melintang tebal di antara hidung dan bibir. Serta geraman khas yang membuat Unyil dan kawan-kawan kalang kabut. Dialah Pak Raden. Tokoh itu dikenal lewat serial Si Unyil, yang kala itu tayang di TVRI. Tentu sudah banyak yang tahu, sosok ini bukanlah sosok fiktif. Di kehidupan sebenarnya, sosok dengan penampilan sangat mirip dengan boneka di Si Unyil dikenal dengan nama Drs. Suryadi.  Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


people

Suryadi yang sehari-hari dipanggil Pak Raden ini adalah pencipta serial yang ditunggu-tunggu pada era tahun 80-an itu. Meski terlihat sangar, Pak Raden sebenarnya sangat sayang anak-anak. Begitu pula sebaliknya. Kini, pria kelahiran Jember 28 November 1932 itu sudah tidak lagi muda. Tubuhnya yang kekar telah berubah renta. Di usia senjanya kini, Pak Raden harus menderita. Kesulitan ekonomi dan ancaman penyakit telah membuat hidupnya makin memprihatinkan. Padahal semestinya, Pak Raden bisa ‘hidup’ dari ciptaannya, Si Unyil. Namun rupanya, sejak 10 tahun lalu, Pak Raden tidak lagi menerima royalti karya itu sama sekali. ‘Kehilangan’ hak royalti itu terjadi saat dia sepakat menyerahkan hak cipta Si Unyil kepada Perusahaan Umum Produksi Film Negera (PPFN). Pada Pasal 7 surat perjanjian tertulis itu, ­kesepakatan kedua belah pihak berlaku selama lima tahun terhitung sejak ditandatanganinya perjanjian. Akan tetapi, PPFN menganggap perjanjian penyerahan hak cipta tersebut tetap pada PPFN untuk selamanya.  “Tidak menerima satu sen pun dari acara yang menampilkan tokoh-tokoh Si Unyil saat ini,” kata Pak Raden di rumahnya di Jalan Petamburan III, Slipi, Jakarta Barat, Sabtu 14 April 2012. Pak Raden kini tinggal bersama dua orang laki-laki yang menjaganya di rumah berukuran 100 meter. Rumah itu tampak kusam dan tidak terawat. Cat rumahnya kusam, atapnya banyak yang bocor. Sejak berita ini muncul di media massa, banyak artis mengunjunginya. Ada juga aksi penggalangan koin untuk Pak Raden. (KEN/YOG)

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


people

Reporter: Ken Yunita

Majalah Majalah detik detik 23 23 -- 29 29 APRIL APRIL 2012 2012


people

S

etelah sekian lama hidup bersama tanpa ikatan resmi, akhirnya Angelina Jolie dan Brad Pitt melangkah ke jenjang lebih serius. Pasangan selebriti papan atas itu bertunangan untuk selanjutnya berkomitmen untuk menikah. Berita itu telah dikonfirmasi oleh manajer Brad Pitt, Cynthia Pett-Dante seperti dilansir Femalefirst beberapa waktu lalu. Namun kapan keduanya akan naik ke pelaminan untuk meresmikan hubungan mereka, tetap menjadi misteri. “Ini menjadi janji untuk ke depan, anak-anak mereka sangat bahagia. Belum ada tanggal pasti mengenai pernikahan mereka,” kata Cynthia. Keduanya bertunangan pada Jumat 13 April 2012. Pertunangan keduanya terlihat dari cincin berlian yang kini telah dikenakan Jolie. Cincin yang terlihat menawan itu didesain sendiri oleh Brad Pitt dibantu oleh desainer perhiasan ternama, Robert Procop. “Desain cincin itu kolaborasi antara Procop dan Brad Pitt,” kata Cynthia. Cincin dengan berlian kualitas terbaik itu menjadi simbol hubungan Brad dan Jolie yang sudah berjalan bertahun-tahun. Brad Pitt sendiri ingin cincin itu begitu sempurna sampai-sampai dia terus memeriksa setiap aspek dan desain kreatifnya. “Cincin itu kubuat dengan lekukan yang pas di jari Angelina Jolie,” kata Procop. (KEN/YOG) Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


people

Reporter: Ken Yunita

A

khir pekan lalu menjadi hari-hari menegangkan sekaligus menyenangkan bagi Nico Rosberg. Bagaimana tidak, sejak memulai karier di Formula 1 pada 2006, pembalap Jerman itu berhasil menang di GP Cina. Jadilah itu merupakan kemenangan bersejarah untuknya. 

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


people

Perjalanan Rosberg menuju podium hampir mulus. Sejak sesi kualifikasi, pembalap kelahiran Jerman, 27 Juni 1985 itu menorehkan waktu tercepat dan menempati pole position. Anak mantan juara dunia F1 Keke Rosberg itu mengungguli pembalappembalap lain.  Selain kepiawaiannya, agaknya nasib baik juga ikut mengantarkan pembalap mobil Mercedes Benz itu menjadi juara di Shanghai International Circuit. Meski sejak awal start langsung memimpin balapan, Rosberg sempat turun di posisi ketiga gara-gara disalip dua pembalap lain. Namun di lap ke-18, Rosberg kembali memimpin balapan setelah pembalap di depannya silih berganti masuk pit dan dia melewati Felipe Massa. Sejak itu, pembalap 26 tahun itu sulit dikejar. Setelah itu, Rosberg berhasil mengungguli Jenson Button hingga 4,1 detik.  Nasib sial rupanya menghampiri Button di lap ke-40 setelah dia masuk pit dan mengalami masalah ketika mengganti ban. Ini tentu menjadi berkah buat Rosberg kembali mengambil alih pimpinan lomba lagi. Dia pun tak terkejar setelah unggul 25 detik dari pembalap di belakangnya.  Kemenangan ini diraih pemilik nama lengkap Nicolas Erik Rosberg setelah 111 balapan yang diikutinya. Rosberg memulai karier F1 di GP Bahrain pada 2006 lalu dan langsung mencatatkan fastest lap di perlombaan debutnya itu. Karier juniornya dimulai pada tahun 1996 saat dia berusia 11 tahun.  Buat Mercedes GP, kemenangan Rosberg ini juga bersejarah. Dia menjadi pembalap Mercedes GP pertama sejak Juan Manuel Fangio di GP Italia 1955 yang mampu memenangi balapan. Congrats Rosberg! (KEN/YOG) Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


Internasional

Dari Cartagena Menampar Obama Sebelas agen Secret Service (SS) dipulangkan setelah tertangkap basah melakukan kegiatan prostitusi saat bertugas mengawal kunjungan Obama ke Cartagena, Kolombia. Ini bukan skandal pertama. Reporter: Isfari Hikmat Presiden AS Barack Obama berjalan untuk menyapa simpatisan baik, dengan agen Secret Service di sisinya, setibanya di Tampa. REUTERS / Kevin Lamarque

B

erita tak sedap berembus dari Cartagena, Kolombia, akhir pekan lalu. Baunya pun mampu membuat gempar seantero Amerika Serikat (AS). Sebelas agen Secret Service (SS) menjalani pemeriksaan intensif karena dituduh telah melakukan pelanggaran etika saat bertugas mengamankan kunjungan Presiden Barack Obama ke kota bersejarah di Kolombia tersebut. Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


Internasional

Pekerja seks komersial sedang berjalan di kota tua di Cartagena, Kolombia. REUTERS/Kevin Lamarque

Para agen pilihan ini dipulangkan setelah diketahui mem-booking 21 pekerja seks komersial ke hotel tempat mereka menginap. Enam pekerja lainnya juga dibebastugaskan karena aktivitas yang sama. Pemberitaan skandal ini pun mengalahkan pemberitaan mengenai penyelenggaraan Konferensi Negara-negara Amerika yang dihadiri 35 kepala negara. Obama pun merasa tertampar. “Saya berhak marah, jika skandal ini terbukti benar,” ujarnya.   Juru bicara Secret Service, Edwin Donovan tak terlalu terbuka dengan skandal ini. Ia hanya membenarkan adanya agen Secret Service yang ditarik dari Kolombia, dan digantikan dengan tim lain, karena terlibat pelanggaran serius. “Mereka harus menjalani pemeriksaan karena telah melakukan pelanggaran serius,” ujar Donovan tanpa merinci pelanggaran berat yang dilakukan anak buahnya. Namun menurutnya, pergantian ini tidak mengubah jalannya pengamanan terhadap Obama selama berada di Kolombia. Jon Adler dari Federal Law Enforcement Officers Association-lah yang memastikan jika para agen pengamanan yang paling disegani di dunia itu dipulangkan Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


Internasional

Presiden AS Barack Obama menghadiri sebuah acara di Kolombia. REUTERS/Ricardo Moraes

karena terlibat kegiatan prostitusi. Skandal ini terungkap saat sejumlah agen SS membooking sejumlah pekerja seks komersial ke Hotel Caribe tempat mereka menginap. Salah seorang dari agen Secret Service itu bahkan dengan sengaja menunjukkan identitasnya agar diizinkan membawa masuk si PSK. Aktivitas mereka kian terungkap ketika salah seorang dari agen Secret Service ini berselisih paham dengan PSK yang di-booking-nya. Seperti biasanya, dalam setiap kunjungan presiden AS, puluhan agen Secret Service disertakan untuk mengawal Obama. Sebagian dari anggota pengawal presiden AS ini tiba terlebih dahulu bersama logistik yang diperlukan, dan skandal ini terjadi sehari sebelum Obama tiba di Cartagena, Jumat 13 April 2012. Bagi korps pengawal presiden negara adidaya itu, melacur saat bertugas memang tidak dibenarkan. Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


Internasional

Pekerja seks komersial di sebuah lapangan di Cartagena, Kolombia. REUTERS/Joaquin Sarmiento

Walaupun kegiatan prostitusi merupakan aktivitas legal di Cartagena. Skandal ini juga menampar warga Cartagena. Mereka tak rela jika kota tempat tinggal mereka dicitrakan sebagai kota pelacuran. “Kolombia tak hanya pelacuran, obat, dan kekerasan. Ada banyak pilihan lain. Jika ini dikaitkan dengan Obama, siapa yang bisa melupakannya?� ujar Maria Consuelo Ortega seorang warga setempat. Ini tentu sebuah tamparan bagi Obama, karena November nanti ia akan menghadapi pemilihan presiden. Apalagi skandal ini bukan kali pertamanya menimpa para pengawal Obama. Tahun lalu setidaknya tercatat dua skandal memalukan yang melibatkan para pengawal presiden ini. November 2011, Christopher W. Deedy seorang agen federal dituduh telah melakukan pembunuhan tingkat dua setelah menembak mati seorang pria di Honolulu, Hawaii. Meski ia sedang tidak bertugas, tetapi keberadaan Deedy di Honolulu saat itu terkait dengan pengawalan kunjungan Obama dalam penyelenggaraan KTT APEC. Tiga bulan sebelumnya, tepatnya di bulan Agustus 2011, Daniel L. Valencia, seorang agen Secret Service ditangkap karena mengemudi dalam keadaan mabuk saat ia diperbantukan untuk mengamankan kunjungan Obama ke tiga negara bagian di wilayah barat AS. (Washington Post/Reuters/ABC/AMI)

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


ekonomi

Bingung Membatasi BBM Bersubsidi

Jhoni Hutapea/detikfoto

Pemerintah akhirnya akan menerapkan pembatasan BBM bersubsidi mulai Mei 2012. Aturan yang belum jelas menghambat persiapan di lapangan. Masyarakat pun dibikin bingung. Reporter: Rista Rama Dhany, Monique Shintami

G

agal menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, pemerintah akhirnya kembali melirik kebijakan pembatasan BBM. Namun seperti sebelumnya, kebijakan ini juga maju-mundur dengan alasan aturannya sedang digodok. Meski demikian Dirjen Minyak dan Gas Kementerian ESDM, Evita Legowo memastikan pembatasan akan diberlakukan awal Mei 2012. Untuk tahap awal pembatasan akan diberlakukan terhadap semua kendaraan Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


ekonomi

Suasana rapat konsultasi Pimpinan DPR dan pemerintah yang diwakili Menteri ESDM serta Menteri Keuangan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. ANTARA/Andika Wahyu

dinas di seluruh Indonesia. “Rencananya bulan Mei itu seluruh kendaraan dinas pemerintah, BUMN dan BUMD tidak lagi diperkenankan mengonsumsi premium. Sementara ini, untuk kita dulu sebagai contoh, tidak untuk orang lain,” ujar Evita. Namun, untuk kendaraan dinas ini pun masih menghadapi kendala di lapangan. Juru bicara Pertamina Mochamad Harun mengatakan pasokan pertamax praktis baru siap untuk kawasan Jabodetabek. Menurut Harun, butuh waktu dua hingga tiga bulan untuk sosialisasi dan persiapan penerapan di lapangan. “Kalau aturannya keluar Mei, baru bisa diimplementasikan sekitar Juli-Agustus 2012,” katanya. Pertamina sebenarnya sudah lama menunggu terbitnya aturan pelaksanaan pembatasan BBM ini. “Karena dari aturan itu, Pertamina akan siapkan apa yang perlu ditambah, apakah investasi dan lainnya,” katanya. Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


ekonomi

Mobil dinas jadi target awal pembatasan BBM bersubsidi. dikhy s/detikfoto

Sebelum opsi menaikkan harga BBM muncul, sebenarnya Pertamina sudah menyiapkan tangki-tangki di depo BBM untuk diisi pertamax. Karena kebijakan itu batal diterapkan, maka depo-depo itu kembali diisi premium. Untuk mengatasi kondisi ini pemerintah bakal kembali ke rencana lawas, pembatasan akan dilakukan secara bertahap. “Pengaturan, sementara akan diterapkan di Jabodetabek kemudian Jawa dan Bali, terutama untuk daerah-daerah yang sudah dimungkinkan adanya pertamax,� papar Evita. Pembatasan ini diharapkan akan mengerem konsumsi BBM bersubsidi, sehingga tidak melebihi kuota yang dipatok 40 juta kiloliter. Jika tidak, konsumsi BBM bersubsidi diperkirakan bakal mencapai 46-47 juta kiloliter, sehingga dana subsidi akan membengkak. Dari kendaraan dinas saja, diharapkan akan dihemat jutaan liter BBM bersubsidi. Diperkirakan saat ini, jumlah kendaraan dinas di seluruh Indonesia mencapai 10.000 unit. Jika setiap unit mobil dinas mengonsumsi 10 liter BBM per hari, maka bisa dihemat 36 juta liter BBM bersubsidi. Namun sebenarnya konsumsi premium terbesar adalah kendaraan pribadi, yakni mencapai 53 persen. Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


ekonomi

Kendaraan pribadi sedang mengisi bahan bakar premium di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Cikini, Jakarta. jhonihutapea/detikfoto

Sayang hingga kini belum jelas, mekanisme pembatasan yang akan diterapkan. Sampai pekan lalu, pemerintah hanya menjelaskan mobil pribadi akan diberikan waktu 60 hari untuk beradaptasi setelah Peraturan Menteri (Permen) Pembatasan BBM terbit. Belum dipastikan apakah pembatasan akan didasarkan pada silinder atau kapasitas mesin (cc). Ada tiga opsi yang sempat muncul, antara lain mobil di atas 1.300 cc, 1.500cc atau 2.000 cc bakal dilarang mengonsumsi premium. Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) yang bakal diserahi tugas untuk mengawasi pembatasan untuk kendaraan pribadi juga sudah menyatakan siap, dan tinggal menunggu terbitnya Permen. Kepala BPH Migas Andy Noorsaman Sommeng mengatakan ada dua metode yang bisa dipakai untuk pengawasan, yakni non-Infrastruktur (non-IT) dan Infrastruktur (menggunakan IT). “Tapi tahap awalnya kita akan menggunakan noninfrastruktur, misalnya dengan pembagian stiker dan menggunakan layout distribusi BBM ke SPBU,” paparnya. Stiker akan dipasang pada kendaraan yang dilarang mengonsumsi BBM bersubsidi. Sedangkan jalur-jalur distribusi BBM subsidi dan nonsubsidi sudah siap. Namun Andy mengingatkan BPH Migas hanya mengawasi badan usaha, seperti SPBU, Depo, Pertamina dan non-Pertamina. “Jika nanti ada penyelewengan, itu wewenang polisi,” pungkasnya. (AMI) Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


bisnis

E-toll Card yang Mampat Tiga tahun diluncurkan, ternyata jumlah pengguna e-toll card jauh dari target. Sistem yang diharapkan mampu mengurangi kemacetan di Jakarta ini perlu banyak pembenahan. Reporter: Monique Shintami, Esti Utami Jhoni Hutapea/detikfoto

G

erbang tol Cililitan, Senin 16 April 2012 pagi itu terlihat semarak. Tak hanya Menteri BUMN Dahlan Iskan, di pintu masuk tol dalam kota itu juga tampak Dirut Bank Mandiri Zulkifli Zaini dan Dirut PT Jasa Marga Adityawarman. Mereka berlomba menjual kartu prabayar akses masuk tol (e-toll card). Hanya dalam satu setengah jam, Dahlan mampu mengantongi Rp 2,05 juta.  Promosi yang dimotori Dahlan Iskan ini diharapkan mampu mendongkrak penjualan e-toll card. Kartu Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


bisnis

Artis Sandra Dewi ikut berpartisipasi menjual e-toll card detikfoto

prabayar yang dikelola Bank Mandiri ini memang bisa dibilang kurang laku. Hingga Maret 2012 atau hampir tiga tahun sejak diluncurkan, baru sekitar 693 ribu e-toll card yang terjual. Jumlah transaksi juga hanya tercatat 4,8 juta transaksi per bulan. Angka ini sangat kecil jika dibandingkan dengan total transaksi di semua ruas jalan tol milik Jasa Marga yang mencapai 1 miliar transaksi per tahun atau lebih dari 83,3 juta transaksi per bulan. Ini berarti pengguna jalan tol yang menggunakan etoll card kurang dari 10 persen. Padahal saat diluncurkan pada awal 2009, ditargetkan 30 persen transaksi di jalan tol menggunakan e-toll card. Rapor merah ini sempat membuat gerah Dahlan. Karena sistem e-toll card diharapkan mengurangi panjang antrean yang selama ini justru menjadi penyebab kemacetan. Penggunaan e-toll card memang bakal memangkas waktu transaksi. Jika dengan sistem konvensional butuh 7-10 detik per transaksi maka dengan e-toll card hanya butuh 3-5 detik. Namun banyaknya kendala di lapangan, membuat pengguna e-toll card lambat beranak pinak. Selain gardu tol otomatis (GTO) yang masih terbatas, sederet keluhan juga diungkapkan para penggunanya. Menanggapi keluhan ini, Humas Jasa Marga, Wasta Gunadi mengatakan pihaknya telah menambah jumlah GTO yang semula hanya 17 menjadi 46 gerbang. Sebelumnya e-toll card hanya bisa digunakan di ruas tol dalam kota, Cengkareng dan Serpong-Merak. Namun kini e-toll card juga bisa digunakan di ruas Jakarta Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


bisnis

Transaksi dengan e-toll card detikfoto

Outer Ring Road (JORR) hingga pintu Cikarang Barat. “GTO kami pasang di gerbang tol yang jumlah loketnya lebih dari dua,” ujar Wasta kepada majalah detik. sambil menambahkan GTO ini terutama dipasang di ruas jalan tol yang menerapkan sistem terbuka atau sekali bayar. Untuk mempercepat transaksi, Jasa Marga dan Bank Mandiri juga mendatangkan 30 mesin e-toll pass, yang mampu memindai secara otomatis, sehingga waktu transaksi terpangkas menjadi 1-2 detik saja. Sayang, alat ini masih tertahan di Bea Cukai Tanjung Priok, terkait izin gelombang dari Menkominfo. Jika masalah izin teratasi, diharapkan Mei mendatang lajur khusus e-toll card sudah dipasangi e-toll pass. Terakhir, Jasa Marga juga memberikan potongan sebesar 10 persen bagi setiap transaksi di GTO selama tiga bulan ke depan.  “Dengan cara ini diharapkan, pada bulan Mei atau Juni pengguna e-toll card meningkat menjadi 30 persen dari total transaksi,” papar Wasta. PT Jasa Marga menargetkan pada 2013 transaksi yang menggunakan e-toll card bisa meningkat jadi Rp 3,6 miliar per hari dari Rp 720 juta per hari saat ini. Selain Jasa Marga, Mandiri juga bekerja sama de­ngan Cipta Marga Nusaphala Persada, Marga Mandala Sakti, dan Jalan tol Lingkar Luar Jakarta (JLJ). (AMI)

Ruas tol yang melayani e-Toll Card: - Cawang - Tomang - Cengkareng, (PT Jasa Marga) - Cawang - Priok – Pluit (CMNP). - Cikupa - Anyer (MMS). - Jakarta - Cikampek, khusus gerbang Pondok Gede Barat dan Pondok Gede Timur (PT Jasa Marga). - JORR ruas Rorotan - Veteran (JLJ).

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


wkwkwk

Ke Dukun Biar Lulus UN Segala upaya akan dilakukan demi lulus ujian nasional (UN).Di Jombang, para siswa ramai-ramai mendatangi paranormal agar bisa lulus. Waduh! Reporter: Ken Yunita

NGGIH MBAH...

INI PENSIL SAKTI NAK...PUAH... PUAH...PUAH...

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


wkwkwk

B

elajar keras. Begitu yang biasa dilakukan para siswa menjelang Ujian Nasional (UN). Namun tidak untuk puluhan siswa di Jombang, Jawa Timur ini. Bukannya membaca buku, mereka malah membawa pensil yang akan dipakai ujian ke paranormal. Salah satu paranormal yang ramai didatangi siswa bernama Abah Hakim. Kepadanya, bocah-bocah yang pada Senin lalu mengikuti UN itu minta didoakan agar ujiannya berjalan lancar. Pastinya, mereka berharap agar bisa lulus dengan sukses. Abah yang sudah biasa menerima tamu anak-anak yang hendak ujian ini lalu meminta pensil-pensil dikumpulkan. Konon, pensil itu akan diberi rajah agar saat mengerjakan ujian, para siswa itu bisa menemukan jawaban yang benar. Selain mendoakan pensil, Abah juga memberi para siswa itu air putih yang dimasukkan ke dalam botol air mineral. Air itu dipercaya bisa memberikan ketenangan untuk para murid yang hendak ujian. “Biar tenang hadapi ujian,� kata salah satu siswa. Selain rombongan murid itu, ada juga rombongan dari salah satu sekolah lain di Jombang. Bahkan, siswa-siswa dari sekolah yang menolak disebut namanya itu datang atas prakarsa gurunya. Semua demi lulus. “Kita nggak musyrik, kita cuma berdoa, tidak macammacam,� kilah guru yang enggan disebut namanya itu. (KEN/YOG)

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


seni & hiburan

buku

Intrik dari Selinting Kretek Di akhir masa hidupnya, juragan kretek itu membuka tabir masa lalu keluarganya. Ada persaingan dagang dan kasih tak sampai yang berujung pada satu nama perempuan. Reporter: Silvia Galikano detikfoto

Judul Genre Penulis Penerbit Tebal

: Gadis Kretek : Novel : Ratih Kumala : PT Gramedia Pustaka Utama : 274 Halaman Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


seni & hiburan

buku

R

Buruh rokok antara

omo Raja tengah sekarat akibat stroke. Dalam igauan, muncul nama Jeng Yah keluar dari bibir romo. Ibu, yang 37 tahun mendampingi romo, tak urung cemburu karenanya. Mulut ibu pletatpletot menggerutu, mangkel. Siapa Jeng Yah? Selama ini tidak pernah terdengar namanya kok ujug-ujug keluar dari bibir romo? Dan bertanya siapa Jeng Yah pada ibu artinya sama saja dengan menyakiti ibu dua kali lipat. Karenanya harus dicari cara lain untuk memecahkan teka-teki ini. Tiga putra romo, Tegar, Karim, dan Lebas tergelitik untuk mencari tahu siapa Jeng Yah. Perempuan ini pasti sangat berarti bagi ayah mereka. Ketiganya menduga Jeng Yah hadir dalam kehidupan romo jauh sebelum anak-anak romo lahir, bahkan sebelum romo dan ibu menikah. Tapi menduga-duga saja tak menghasilkan apa-apa, harus ada yang berani menanyakannya pada romo atau pada siapapun yang tahu. Ternyata tak sesulit yang ditakutkan. Keesokannya, dalam suatu percakapan bisik-bisik antara Lebas dan romo, romo sampaikan ingin bertemu Jeng Yah. â€œâ€Ś ja­ ngan bilang-bilang ibumu, ya. Ibumu pasti marah.â€? Berbekal restu romo dan tanpa sepengetahuan ibu; Tegar, Karim, dan Lebas bertolak dari Jakarta ke Kudus, karena di kota inilah dulu sekali romo terakhir kali bertemu Jeng Yah. Dan tak ayal, mencari siapa Jeng Yah membuat mereka menelusuri masa lalu keluarga. Ketika kretek Djagad Raja, yang berpabrik di Kudus dan sekarang dipimpin romo, belum lagi lahir. Pencarian bahkan hingga ke Kota M, kota asal kakek mereka, Mbah Djagad. Lewat Gadis Kretek, Ratih Kumala, yang notabene buMajalah detik 23 - 29 APRIL 2012


seni & hiburan

buku

kan perokok, mengajak pembaca mengenal rokok yang entah bagaimana caranya, jadi demikian eksotik. Sangat Indonesia. Aroma tembakau, wangi cengkih, buruh linting yang tiap akhir hari telapak tangannya tebal berlapis sari kretek, gudang tembakau milik orang Tionghoa, dan persaingan usaha antarpabrik rokok gurem, semuanya sangat Indonesia. Dari kelobot sederhana yang awalnya digembar-gemborkan dapat mengobati asma, hingga rokok kretek yang disemprot saus rahasia dan dilinting papier. Dari istilah bahwa rokok itu “diminum” hingga kemudian berganti jadi “diisap”. Masa ketika rokok tidak diidentikkan dengan apa pun, misalnya citra jantan, dan belum dibenturkan dengan isu kesehatan. Ngeses, istilah masyarakat Kudus untuk merokok. Mbako untuk menyebut tembakau. Woor untuk cengkih. Dan tingwe (linting dhewe), untuk rokok buatan sendiri, bukan rokok hasil pabrikan. Dan entah apa lagi bumbu rahasia yang diselipkan Ratih Kumala sehingga membaca Gadis Kretek terasa seperti membaca ruh negeri ini. Baiklah, kembali ke Jeng Yah. Nama sebenarnya adalah Dasiyah. Perempuan cerdas putri pemilik pabrik rokok kretek Merdeka!, Idroes Moeria. Pesaing utama Merdeka! adalah rokok kretek Proklamasi milik Soedjagad yang tak lain teman masa kecil Idroes Moeria. Persaingan Idroes Moeria dan Soedjagad sebetulnya sudah lama, sejak mereka samasama bujangan dan sama-sama memulai usaha kelobot. Apa pun terobosan yang dilakukan Idroes Moeria selalu diikuti Soedjagad. Dari rasa kelobot, kemasan, merek, hingga pemasaran. Sebetulnya lagi, dua laki-laki itu  juga jatuh cinta pada satu perempuan yang sama: Roemaisa, tetapi Idroes Moeria yang beruntung bisa menyunting putri Juru Tulis ini. Keduanya beroleh dua anak Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


seni & hiburan

Rokok kretek antara

buku

perempuan, Dasiyah dan Rukayah. Dasiyah pandai sekali membuat tingwe. Tingwe ­bikinannya jadi favorit Idroes Moeria dan teman wajib minum teh poci di sore hari. Tingwe itu jadi inspirasi Idroes Moeria untuk membuat satu merek rokok kretek lagi yang lebih enak. Dari sekian percobaan meramu saus, akhirnya saus buatan Dasiyah yang akan digunakan karena rasanya paling enak. Merek dagang sudah dipilih, yakni Kretek Gadis, dengan tagline “Sekali isep, gadis yang Toean impikan muncul di hadepan Toean.” Soedjagad tak pernah jauh ternyata. Dia juga mengeluarkan merek rokok baru: Kretek Garwo Koelo: “Kreteknya lelaki yang cinta istrinya.” Kretek Soedjagad ini jeblok di pasaran. Betapa tidak, jika mengisap Kretek Gadis, orangorang diajak berfantasi tentang perempuan muda nan cantik, Kretek Garwo Koelo (istri saya) mengingatkan pada istri di rumah yang mungkin jarang dandan, ­pakaiannya nglombrot, dan cerewet. Jebloknya Kretek Garwo Koelo bukan berarti selesainya Soedjagad menyaingi Idroes Moeria. Satu pintu tertutup berarti ada lima jendela terbuka, mungkin itu yang dia anut. Persaingan dagang jalan terus, bahkan dilanjutkan oleh generasi berikutnya, generasi Jeng Yah. Terasa sekali Ratih Kumala membuat riset yang tidak main-main untuk karyanya yang ke-5 ini. Data dia sulamkan rapi di banyak tempat, tetapi tidak membuat pembaca sesak dengan jejalan informasi. Yang mengganjal adalah cara penceritaan, yakni menjadikan Lebas sebagai “aku”. Mungkin karena Ratih perempuan, dan Lebas laki-laki, jadi ada yang tidak pas di situ. Kalimat-kalimat yang dilontarkan tiga bersaudara yang semuanya laki-laki itu terasa terlalu cerewet. (SIL/YOG)

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


seni & hiburan

buku rekomendasi

Judul Penerbit Berat Genre

: The Hunger Games : Gramedia Pustaka utama : 200 gram : Fiksi

Dua puluh empat peserta. Hanya satu pemenang yang selamat. Amerika Utara musnah sudah. Kini di bekasnya berdiri negara Panem, dengan Capitol sebagai pusat kota yang dikelilingi 12 distrik. Katniss gadis 16 tahun tinggal bersama adik perempuan dan ibunya di distrik termiskin, Distrik12. Karena pemberontakan di masa lalu terhadap Capitol, setiap tahun masing-masing distrik harus mengirim seorang anak perempuan dan anak lelaki untuk bertarung sampai mati dan ditayangkan secara langsung di acara televisi “The Hunger Games�. Hanya ada satu pemenang setiap tahun. Tujuannya adalah: membunuh atau dibunuh. Ketika adik perempuannya terpilih mengikuti Hunger Games, Katniss mengajukan diri untuk menggantikannya. Dimulailah pertarungan yang takkan pernah dilupakan Capitol. (SIL/YOG)

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


seni & hiburan

film

Satu lagi kisah klasik diangkat ke layar lebar. Kali ini, legenda Snow White diceritakan kembali secara segar, sarat humor. Reporter: Silvia Galikano

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


seni & hiburan

film

f

ilm dibuka dengan narasi Ratu Clementianna (Julia Roberts) tentang hidupnya, bukan tentang Snow White. Ibu Snow White meninggal tak lama setelah melahirkan putrinya. Sang ayah (Sean Bean) yang tak lain raja di kerajaan itu, menikah lagi dengan Clementianna, perempuan tercantik di seantero negeri. Suatu hari, raja pergi untuk memerangi iblis yang menyerang kerajaannya. Dia meninggalkan sebilah belati untuk Snow White. Raja kemudian berkuda

Judul: Mirror Mirror Genre: Adventure, komedi, drama Sutradara: Tarsem Singh Penulis Skenario: Jason Keller, Melisa Wallack Pemain: Lily Collins, Julia Roberts, dan Armie Hammer Durasi: 106 menit

Tap pada gambar untuk melihat video trailer Mirror Mirror

masuk hutan dan tidak pernah kembali. Tak menyia-nyiakan kesempatan, Clementianna langsung menduduki singgasana yang ditinggalkan raja. Dia memerintah secara kejam dan gemar menghambur-hamburkan uang istana untuk pesta. Sepuluh tahun kemudian, Snow White (Lily Collins) sudah berusia 18 tahun, dan dikurung di istana oleh ibu tirinya. Para staf istana sangat mencintai Snow White yang kerap bermain di dapur istana. Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


seni & hiburan

film

Snow White mengenakan baju samaran

Seorang pemanggang roti istana mengatakan pada Snow White bahwa kerajaan adalah haknya sepenuhnya, bukan milik Clementianna. Snow White juga harus pergi ke luar istana untuk melihat langsung apa yang terjadi pada rakyatnya. Dengan mengenakan baju samaran, Snow White berjalan kaki meninggalkan istana. Dalam ­perjalanan, di tengah hutan, dia melihat dua laki-laki digantung di pohon. Keduanya baru saja dirampok tujuh bandit berbadan cebol (Tujuh Kurcaci). Snow White membebaskan mereka menggunakan belati warisan ayahnya. Belakangan, dia ketahui bahwa dua laki-laki itu adalah Pangeran Alcott (Armie Hammer) dan pelayannya. Snow White melanjutkan perjalanan. Sesampai di kota, dia menemukan rakyat dalam keadaan murung, miskin, dan kelaparan. “Mengapa jadi begini? Bukankah dulu rakyat di sini makmur?” Ternyata kegemaran Ratu Clementianna yang terus menaikkan pajak membuat rakyat miskin. Melihat kenyataan ini, Snow White bertekad menyelamatkan kerajaan dan rakyatnya sekaligus menurunkan Ratu.  Mirror Mirror mengemas dongeng abadi tentang Putri Salju dan Tujuh Kurcaci (Snow White and The Seven Dwarfs) dengan sentuhan cemburu, romansa, dan pengkhianatan yang me­ manjakan imajinasi penonton. Bedanya, kali ini dari perspektif Ratu Clementianna. Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


seni & hiburan

film

Snow White dan Tujuh Kurcaci

Unsur “gelap� tercecer serba sedikit di sana-sini. Ada langit kerajaan yang selalu kelam, kabut yang menyelimuti kota, belum lagi isi perut yang dibawa Brighton (Nathan Lane), asisten Ratu, sebagai barang bukti sudah membunuh Snow White. Walau begitu, jangan khawatir, unsur gelap hanya sedikit. Ada humor sangat banyak di sini. Isi perut itu, misalnya, mungkin isi perut binatang yang dibeli Brighton di toko daging. Buktinya, di antara isi perut itu tanpa sengaja tersembul sosis, yang kemudian cepat-cepat dia masukan kembali. Sutradara Tarsem Singh meninggalkan jejak cerdas di banyak sudut. Special effect yang rumit digarap mulus, meski tak ada hal baru yang disodorkan. Ambil contoh, cara Ratu Clementianna masuk ke cermin untuk menemui penyihirnya, dulu sekali sudah dibikin juga oleh Jean Cocteau dalam film Orpheus (1950). Singh juga serius memperhatikan eksteriornya yang megah dan desain interior yang detail dan cantik, mirip tampilan film-film Bollywood. Para pendukung film juga bermain bagus. Tujuh Kurcaci yang menampung Snow White sekaligus mengajarkannya bela diri digambarkan dengan karakter masing-masing, antara lain mirip cowboy, bajak laut, tentara abad pertengahan, dan ada yang terobsesi dengan serigala. Berdasarkan karakterMajalah detik 23 - 29 APRIL 2012


seni & hiburan

film

Julia Robert memerankan Ratu Clementianna

karakter tersebutlah ketujuhnya dipanggil, seperti Half Pint, Grub, dan Wolf. Julia Robert tampak menikmati perannya kali ini sebagai ibu tiri yang kejam. America’s sweetheart ini tanpa ragu menerima perannya sebagai Ratu yang terobsesi  dengan obat awet muda, sudah lima kali menikah, dan masih ngebet kawin lagi dengan Pangeran Alcott yang sempat dijumpai Snow White di hutan. Lily Collins yang tak lain putri pemusik Phil Collins, bermain sedang-sedang saja sebagai Snow White. Toh dari awal film sudah ditegaskan, kisah ini tentang Clementianna yang tercantik senegeri, bukan tentang Snow White. (SIL/YOG) Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


seni & hiburan

film

BATTLESHIP Jenis Film : Action Produser : Scott Stuber, Sarah Aubrey, Brian Goldner, Bennett Schneir Produksi : Universal Pictures Sutradara : Peter Berg

Tap pada gambar untuk melihat lebih jelas

Armada Angkatan Laut internasional menjadi basis pertahanan terakhir ketika spesies asing yang disebut The Regents mencoba menyerang bumi. Terperangkap di tengah serangan makhluk asing, Letnan Alex Hopper (Taylor Kitsch) harus bekerja sama dengan saudaranya, Stone (Alexander Skarsgard) dan ayah tunangannya, Laksamana Shane (Liam Neeson), untuk membantu tim mengusir para penyerbu sebelum terlambat.

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


seni & hiburan

film

THE HOWLING REBORN Jenis Film : Horror Produser : Joel Kastleberg Produksi : Moonstone Entertainment Sutradara : Joe Nimziki Durasi: 92 menit

Tap pada gambar untuk melihat lebih jelas

Will Kidman (Landon Liboiron) menaruh perhatian kepada Eliana Wynter (Lindsey Shaw), tetapi tidak dapat berbuat apa-apa karena ia takut kepada pacar Eliana. Pada malam kelulusan SMA, Will akhirnya menarik perhatian Eliana, dan Eliana mengundangnya untuk datang ke pestanya. Malam berubah mencekam ketika makhluk misterius menyerang mereka, dan Willis dipaksa untuk menghadapi rahasia gelap dari masa lalunya: dia adalah pewaris manusia serigala.

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


seni & hiburan

film

GONE Jenis Film : Thriller Produksi : Lakeshore Entertainment & Sidney Kimmel Entertainment Sutradara : Heitor Dhalia Durasi: 94 menit

Tap pada gambar untuk melihat lebih jelas

Jill Parrish (Amanda Seyfried) sepulangnya dari bekerja shift malam, terkejut mengetahui adiknya Molly telah diculik. Jill yang telah berhasil lolos dari usaha penculikan setahun lalu, sangat yakin pembunuh berantai yang sama telah datang mengincar adiknya. Khawatir Molly tewas sebelum malam hari, Jill berusaha menemukan sang pembunuh berantai dan membongkar seluruh rahasia untuk menyelamatkan nyawa adiknya.

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012


Majalah Detik Edisi 21-23 April 2012  

Majalah Detik : Jejak Berdarah Y-Gen

Advertisement
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you