Page 1

A M A S R E B A I CER KJ21

Second Edition

ABOUT KJ21 PROFIL KETUA Kj21 (Lucki Subagja)

KJ21’S EVENTS

WHAT DID THEY SAY ABOUT KJ21?


Prakata| 1

Pra Kata Bulletin KJ21


KJ’S JOURNAL

Redaksi| 2

the guide to know KJ21 more!

Edisi 2 _________ oktober PENANGGUNG JAWAB// Lucki Subagja PEMIMPIN REDAKSI// Asri Permata Sari CREATIVE// Giani Levina EDITORIAL Ghina Aulia Megaputri MEDIA RELATIONS// Bella Jayanti & Ega Khalik REPORTER// Siti Rabiah Nur Aisyah ONLINE DIVISION// Desy Christina ADVERTISING & PROMOTION// Oktarian Nugraha


INFO About KJ21 | 4 Lucki Subagja | 7 ARTIKEL Pendidikan Berada Ditangan Pemerintah | 8

Content! FEATURE KJ21’s Events | 11 ENTERTAIN English Time | 14 Did You Know? | 16

INTERNAL Happy Birthday | 10 OPINI What Did People Say About Lucki Subagja | 18 KISAH Keluarga Yussi What Did People Say Oktaviani Dewi | 11 About Kj21 | 19


Info| 4

About KJ21|Yes, We Care!

K

j21 merupakan sebuah kegiatan kemahasiswaan yang bergerak dibidang sosial, KJ21 singkatan dari Kelompok Jatinangor 21, kegiatan mahasiswa ini didasari letak daerah Jatinangor km 21. Kegiatan KJ21 pada awalnya dirintis oleh sekelompok mahasiswa KKN Fikom Unpad yang bertujuan untuk membantu anak-anak kurang beruntung yang berada di lingkungan Jatinangor. Pada awalnya kegiatan yang dilakukan adalah mengumpulkan uang yang kemudian memberikannya kepada anakanak yang kurang beruntung untuk membiayai sekolah mereka. Dari waktu ke waktu kegiatan yang dilakukan oleh Kj21 pun semakin berkembang. Berawal kegiatan yang hanya mengumpulkan uang, saat ini kegiatan KJ21 berkembang hingga memberikan pendidikan luar sekolah langsung dengan mengadakan berbagai kegiatan rutin diantaranya : minggu ceria, buka puasa bersama, karyawisata, nonton ď€ lm bersama, kunjungan kerumah adik asuh. Pemberian bantuan biaya terhadap anak-anak kurang beruntung tersebut bersadarkan keadaan ekonomi keluarga mereka, jika keluarga mereka mampu untuk membiayai sekolah, maka KJ21 memberikan bantuan berupa membiayai LKS mereka. Pemberian bantuan full diberikan jika kondisi keluarga mereka tidak mampu, bantuan biaya tersebut dilakukan oleh KK21, Orang tua asuh, dan donatur-donatur yang ikut membantu dalam pembiayaan kebutuhan KJ21. Visi KJ21

Misi KJ21

Memajukan pendidikan yang merupakan salah satu hak manusia bagi perkembangan, oleh karena itu tiap individu harus memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkannya.

Memberikan kesempatan yang sama dalam hal pendidikan bagi anak-anak usia wajib belajar yang memiliki kemauan untuk belajar serta berasal dari keluarga kurang mampu di wilayah Jatinangor.


Divisi Keuangan

Info| 5

D

ivisi Keuangan bertugas untuk mengatur segala keperluan yang dibutuhkan oleh KJ21 yang berkaitan dengan uang. Terdiri dari dua bagian, yaitu kas dan donatur. Dana dari kas dipakai untuk segala keperluan kegiatan diluar kebutuhan adik-adik asuh seperti kebutuhan organisasi dan anggota dan donatur dipakai untuk kebutuhan sekolah adik-adik asuh. Proker: Donatur (tetap dan lepas), Uang kas, A, Bretty Sagala, Ihya Nur Syamsiani, Citra Dana usaha, Mencari jalinan kerja sama //Herdiana Larasati , Erika Tania, Melati Dewi Saď€ tri, Laurensia Cika// dengan perusahaan. ivisi SDM memiliki tugas dan tanggung dalam membuat pengembangan sumber daya manusia dan organisasi. Divisi SDM juga memiliki tanggung jawab untuk merancang dan melaksanakan program kaderisasi dan regenerasi kepengurusan KJ21. Dalam beberapa kegiatan divisi SDM tidak selamanya yang menjadi sasaran hanya anggota KJ21 Fikom Unpad tapi terdapat juga beberapa kegiatan yang melibatkan pihak eksternal.

D

Divisi SDM

//Anjas Satria, Dewi Nisrina Faadhilah, Rachmania Putri, Nani Permata Sari, Femienov Hagia R Arimy Adi Savitri, Givany Christy, Ranggita Cipta, Rezky Angga S//

D

ivisi humas bertugas untuk mengkomunikasikan segala sesuatu mengenai KJ21, baik secara internal ke anak KJ (ada kegiatan atau rapat), ataupun eksternal (kjsite, buletin, yer, dan sosmed) dan bertugas untuk mempererat hubungan sesama anak KJ21 itu sendiri.

Proker: Bakti Sosial, Welcoming KJ21, Workshop, Seminar, Diklat, Mubes.

Divisi Humas

Proker: Kjsite, Buletin, Sosmed, Mimisan, Flyer //Desy Christina, Siti Rabiah Nur Aisyah, Asri Permata Sari, Ghina Aulia, Bella Jayanti , Giani Levina// (atas) //Oktarian Nugraha, Ega Khalik// (bawah)


Info| 6

Divisi Kesekretariatan

K

esekretariatan adalah divisi yang mengurus surat-surat keluar dan masuk, termasuk proposal kegiatan, sponsorship maupun donatur, dan bertanggung jawab dalam mengurus sekre. Selain itu, kesekretariatan juga menyimpan arsip pengurus KJ 21 dan mencatat setiap pembahasan yang dibahas dalam rapat.

//Nevy Syawalianisa, Putri Maulidia, Hanifa Rizka P//

Proker: Menyusun jadwal piket untuk sekre, Membuat Organigram pengurus KJ 21, Mengarsipkan seluruh data pengurus, Melengkapi kebutuhan untuk sekre, Membuat surat izin dan mencatat surat masuk, Membuat proposal kegiatan, permohonan dana, sponsorship, dan donatur, Membuat LPJ di akhir kepengurusan.

Divisi Pembinaan //Edwin Ramadi, Ayu Laksmi, Elva Rizka Bayu Putri, Syalina Hestyani, Nadhira Zulqalina, Nadya Ariani, Lily Devani, Maria Viannie, Delima Rahmawati, M. Ardy Lazuardi// (Joy Ferinata, David Ericson, Rhea Putri)

D

ivisi pembinaan mengurusi adik asuh dan harus kenal dengan semua adik asuh. Harus rajin ke sekolah untuk membayar keperluan asik asur, seperti LKS dan buku. Mengecek prestasi, bikin database, bikin acara buat adik-adik, seperti mince dan karyawisata. Pokoknya yang berhubungan dengan adik asuh, pembinaan tempatnya. Proker: Mince (Minggu Ceria), Karyawisata, Bukber, Kunjungan, Program 1 Adik 1 Kakak.


Info| 7

Lucki Subagja

L

Parfum: Bvlgari Laptop: Acer Tas kuliah: Exsport Makanan Favorite : Sate Minuman Favorite: Es Jeruk Warna Favorite: Hijau Binatang Favorite: Kucing Olahraga Favorite: Lari Baju Favorite: T-shirt box Lagu favorite: What About Love Lemar Band: Kusplus Film: Avatar dan Catatan Si Boy Motto hidup: Jangan percaya pada hati untuk melakukannya nanti, lakukan sekarang.

ucki Subagja adalah ketua KJ21 periode 2012-2013. Lucki adalah anak Manajemen Komunikasi angkatan 2010. Mahasiswa yang satu ini sangat aktif dilingkungan kampus, sehingga Lucki dikenal oleh banyak orang. Lucki adalah anak ketiga dari tiga bersaudara. Anak bungsu ini lahir di Sukabumi pada tanggal 24 Oktober 1992. Scorpio merupakan horoscope nya. SMA nya dulu di 3 Sukabumi. Lucki mengakui bahwa dirinya memiliki kelebihan diantaranya bekerja keras, bertanggung jawab, dan humble. Dia pun merasa bahwa dirinya memiliki kekurangan seperti tidak rapih, mood-mood an, dan juga pelupa. Jika Lucki diibaratkan akan sesuatu, dia layaknya api unggun dimalam keakraban. Menurutnya, dia dapat memberikan kehangatan dan pencerahan. 5 barang yang wajib dibawa Lucky itu adalah Handphone, dompet, laptop, binder, dan buku kecil.

Alasan Lucky ikut dalam kepengurusan Kj21 adalah karena dia mendapatkan panggilan hati untuk membantu anak-anak disekitar Jatinangor dalam bidang moril dan materil.

OUR LEADER

Kesan Lucky saat menjadi ketua Kj21: “Luar biasa, punya pengalaman baru, menjadi orang yang dipercaya oleh temanteman KJ21, dan insya allah ada manfaat.” Pesan: “Buat teman-teman KJ21 yang lain jangan pernah putus semangat untuk membantu adik-adik asuh KJ21”.


Artikel | 8

“Pendidikan Berada di Tangan Pemerintah� oleh Giani Levina Banyak masalah-masalah yang terjadi dalam negeri ini, Indonesia. Contohnya seperti korupsi, kemiskinan, pendidikan, dan lain-lain. Masalah-masalah yang tiada henti ujungnya yang selama ini masih menghantui bangsa Indonesia. Dalam hal ini, tentu pemerintah sangat berperan besar dalam mensejahterakan kehidupan masyarakat Indonesia, terutama dalam hal pendidikan. Pendidikan di Indonesia masih bisa terbilang sangat kurang karena masih banyak anak-anak yang putus sekolah. Pendidikan sangatlah penting bagi semua orang. Khususnya bagi yang masih bersekolah. Hal ini dikarenakan pendidikan merupakan kunci utama dalam mencapai apa yang diinginkan. Dengan mendapatkan pendidikan, masyarakat Indonesia akan jauh menjadi masyarakat yang lebih baik dan negara Indonesia pun akan menjadi negara yang lebih baik, yang layak untuk ditempati bagi semua masyarakat, dan semakin maju yang tidak kalah dengan negara-negara maju lainnya. Dewasa ini, masih banyak anak-anak yang putus sekolah dikarenakan biaya. Biaya yang hanya cukup untuk membiayai kehidupan sehari-hari dan tetapi tidak untuk membayar uang sekolah. Orang tua pun memutuskan untuk memberhentikan anaknya yang bersekolah untuk membantu mereka berjualan. Beberapa dari mereka berpendapat bahwa anaknya lebih baik membantu mereka bekerja karena dapat menambah uang penghasilan daripada harus bersekolah yang hanya mengeluarkan uang semata. Masih banyak orang tua yang masih belum mengerti dan mengetahui betapa pentingnya pendidikan. Menurut mereka pendidikan itu hanya untuk orang yang berduit saja. Bagi orang miskin seperti mereka dapat menghidupi anak dan keluarganya sudah cukup tanpa harus menyekolahkannya. Pemerintah mungkin sudah melakukan banyak hal yang memajukan tingkat pendidikan di Indonesia. Dengan membuat adanya Sekolah Gratis bagi beberapa sekolah negeri, memberikan beasiswa kepada anak-anak yang cemerlang dan yang mempunyai latar belakang ekonomi yang rendah, dan lain-lain. Tetapi dengan hal itu saja belum cukup karena masih banyak anak yang putus sekolah. Mungkin hal ini dikarenakan informarsi perihal Sekolah Gratis belum menyebar diseluruh bagian Indonesia. Jadi masih banyak masyarakat yang belum mengetahui adanya program ini. Seharusnya sosialisasi perihal program ini harus lebih ditingkatkan. Tingkat kepedulian pemerintah terhadap hal itu masih belum maksimal. Mereka lebih mementingkan hal-hal yang lain bahkan mungkin dirinya sendiri. Pemerintah seharusnya lebih memerhatikan nasib anak-anak yang putus sekolah karena dengan mendapatkan pendidikan, negeri ini akan menjadi tempat yang layak untuk dihuni untuk semua kalangan, yang kaya maupun yang miskin. Dengan adanya pendidikan tentunya akan meningkatkan tingkat kepintaran masyarakat Indonesia, hal ini dapat memberikan mereka suatu pekerjaan , mensejahterakan kehidupan mereka, dan tentunya akan menjadi bangsa Indonesia yang lebih baik lagi.


Internal| 9

HAPPY Birthday! .January.

JULY 7. 1992 Nani Permata Sari (SDM)

.AUGUST. 7. 1992 Maria Viannie (Pembinaan) 17. 199x Elva Rizka (Pembinaan) 21. 1991 Ega Khalik (Humas)

8. 199x Lily Devani (Pembinaan) 11. 1993 Syalina Hestyani (Pembinaan) 12. 1993 Hanifa Rizka P (Kesekretariatan) 13. 1993 Ihya Nur Syamsiani (Keuangan) 22. 1993 Arimy Adi Savitri (SDM) 30. 1993 Ayu Laksmi (Pembinaan)

17. 1992 Anjas Satria (SDM) 21. 1991 Putri Maulidia (Kesekretariatan)

.February.

.OCTOBER.

4. 1992 Joy Ferinata (Pembinaan) 10. 1993 Dewi Nisrina Faadhilah (SDM)

1. 1992 Oktarian Nugraha (Humas) 4. 1993 Nadya Ariani (Pembinaan) 15. 1993 Givany Christy (SDM) 24. 1992 Lucki Subagja (Ketua Kj21) 1992 Rezky Angga S (SDM) 29. 1992 Bella Jayanti (Humas) 1992 Citra Larasati (Keuangan)

.March. 22. 1993 Melati Dewi Saď€ tri (Keuangan) 1994 Nevy Syawalianisa (Kesekretariatan) 27. 1992 Asri Permata Sari (Humas)

.APRIL. 11. 1993 Siti Rabiah Nur Aisyah (Humas) 24. 1993 Nadhira Zulqalina (Pembinaan)

.MAY. 23. 1993 Ranggita Cipta (SDM) 27. 199x Laurensia Cika (Keuangan) 28. 1993 M. Ardy Lazuardi (Pembinaan)

.JUNE. 2. 1992 Edwin Ramadi (Pembinaan) 3. 1993 Bretty Sagala (Keuangan)

.SEPTEMBER.

.NOVEMBER. 12. 1992 Femienov Hagia R (SDM) 15. 1993 Ghina Aulia (Humas) 21. 1993 Rachmania Putri (SDM)

.DECEMBER 4. 1993 Erika Tania (Keuangan) 5. 1993 Delima Rahmawati (Pembinaan) 6. 1992 David Ericson (Pembinaan) 10. 1992 Desy Christina (Humas) 15. 199x Rhea Putri (SDM) 19. 1991 Herdiana A. (Keuangan) 21.1991 Komang (Waketu KJ21) 26. 1991 Giani Levina (Humas)


Kisah| 10

Keluarga: Yussi Oktaviani Dewi

Y

ussi adalah anak semata wayang dari Ibu Sherly Marlia Dewi dan Bapak Muhammad Yunus yang telah resmi bercerai sejak ia masih berusia tiga tahun. Yussi yang lahir di Tasikmalaya, 2 Oktober 1999 ini, kini hanya tinggal berdua dengan neneknya, Ibu Shanti yang berprofesi sebagai 'ibu kos' di salah satu rumah kos di kawasan Hegarmanah milik salah satu saudaranya yang tinggal di Bogor. Ibunda Yussi bekerja sebagai asisten pemilik pabrik sekaligus eksportir boneka di Hongkong. Alasan Beliau bekerja di luar negeri karena ia mengidap penyakit yang cukup parah dan penghasilan di Indonesia tidak mencukupi untuk biaya pengobatannya. Bagi Bu Shanti yang Yussi panggil dengan sebutan 'mamah', tak penting ibunda Yussi mengirim uang atau tidak. Yang penting adalah komunikasi di antara mereka dapat terjalin dengan baik. Yussi adalah anak baik yang santun terhadap orangtua dan rajin belajar. Keseharian gadis kecil ini dipadati dengan belajar. Di SMPnya kini, Yussi mengikuti ekskul paduan suara, math club serta english club. Sedangkan untuk kegiatan di luar sekolah, ia pun giat mengikuti les bahasa inggris dan les matematika di rumah gurunya. Di tengah kesibukannya, Yussi masih tetap excited saat ditawarkan program pelatihan Bahasa Inggris dari AIESEC. Kegigihannya telah membuahkan hasil yang membanggakan. Yussi beberapa kali meraih peringkat teratas di kelasnya. Saat mengalami kesulitan dalam belajar, Yussi mencari informasi di internet. Tak hanya prestasi di kelas, ia pernah meraih juara 4 olimpiade matematika sekecematan waktu ia duduk di kelas 5 SD. Selain itu, Yussi juga pernah terpilih mewakili sekolahnya dalam olimpiade MIPA. Yussi yang pendiam lebih senang memanfaatkan waktu luangnya untuk menonton televisi dari pada harus bermain keluar rumah. Ini adalah bukti bahwa anak korban divorced juga dapat berprestasi seperti anak-anak lainnya. Alhamdulillah Yussi tinggal di rumah yang bagus dengan fasilitas cukup memadai. Karena neneknya adalah seorang penjaga kosan yang bertugas sebagai admin internet, ia dapat menikmati fasilitas internet untuk membantunya mengerjakan tugas dan chatting dengan ibunya. Selain chatting melalui facebook dengan laptop, Yussi juga berhubungan dengan ibunya melalui aplikasi What's up? dari ponselnya.


BBQ (Belajar Baca Quran) bersama KJ21 dan BKI oleh M. Ardy Lazuardi Pada hari Minggu tanggal 27 Mei 2012 lalu, KJ21 tidak melaksanakan Minggu Ceria seperti biasanya, tapi acara kali ini diadakan khusus oleh kakak-kakak dari jurusan ilmu komunikasi kelas J 2011, yaitu Ardi, Arimy, Ririn, Adel, dan Adit. Acara ini dinamakan BBQ (Belajar Baca Quran) Bareng KJ21 dan BKI. Acara ini bertujuan agar bisa membuat adik-adik KJ21 lebih dekat dengan Sang Pencipta. Acara ini dimulai sarapan bersama dengan Adik-adik KJ21. Setelah itu adikadik diajarkan bagaimana membaca Al-Quran dengan baik dan benar yaitu dengan mengetahui dan memahami tajwid Quran, dari mulai menghafal huruf-huruf Hijaiyah, belajar tentang hukum bacaan nun tanwin, dan praktik membaca kutipan-kutipan yang ada di dalam Al-Quran itu sendiri. Tidak disangka ternyata banyak dari adik-adik KJ21 yang masih SD sudah bisa melafalkan bacaan-bacaan yang ada di dalam Al-Quran dengan baik dan lancar.

Feature| 11

Kj21’s Events

.Semua proses pembelajaran ini juga tidak lepas dari peran serta yang diberikan olehKakak Ardiana dan Kakak Akfa dari BKI (Badan Kerohanian Islam) Fikom Unpad 2011 dalam mengajar adik-adik KJ21 dengan tulus dan semangat. Tidak hanya belajar membaca AlQuran tapi juga adik-adik KJ21 berlomba untuk mewarnai kaligraďŹ . Di akhir acara adik KJ21 yang mewarnai kaligraďŹ paling indah diberikan hadiah oleh kakak-kakak Ilkom J 2011. Acara ini ditutup dengan pemberian plaquet pada kakak pengajar dari BKI 2011 dan pemberian pin BBQ pada adik-adik asuh KJ21 sebagai kenangkenangan dan tanda bahwa mereka telah mengikuti pelatihan membaca Al-Quran ini. Tidak lupa juga berfoto bersama dengan Kakak panitia dari


Feature| 12

sial Bakti Sooleh Arimy Adi Savitri Kj21 ingin membantu anak kolong jembatan Cihampelas yang mempunyai keinginan untuk belajar. Mereka memiliki cita-cita menjadi dokter, penyanyi, arsitek, bahkan menjadi artis. Setiap harinya, mereka dibantu oleh kakak-kakak relawan yang datang dan mengajarkan mereka matematika, bahasa inggris, sejarah, kreativitas seni, dan lain-lain. Mungkin dalam benak kita anak-anak jalanan adalah anak-anak nakal, suka mencuri, malas belajar, pokoknya selalu hal yang negatift. Walaupun adik-adik ini sulit diatur, tetapi kemauan mereka untuk belajar sangatlah besar. Terbukti dengan betapa rajinnya mereka mendengarkan pelajaran yang diberikan oleh kakakkakak sukarelawan yang kebanyakan berasal dari ITB ini. Mereka bukanlah anak-anak yang beruntung seperti kita. Mereka hidup dengan kemandiriannya, bahkan sebagian dari mereka sudah tidak mempunyai orang tua. Terkadang sebagian dari mereka juga harus mengamen untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Kj21’s Events Kegigihan dan kemauan mereka untuk belajar menggugah hati divisi SDM KJ21 Fikom Unpad yang dikoordinasikan oleh Kak Gia, untuk mengadakan bakti sosial. Bakti Sosial kali ini dapat dikatakan berbeda karena biasanya bakti sosial hanya memberikan makanan, barang layak pakai, atau bahkan uang. Bakti Sosial KJ 21 ini berusaha untuk membagikan ilmu serta membangun persaudaraan dengan adik-adik dari kolong jembatan ini. Bakti sosial ini diadakan pada tanggal 3 Juni 2012 di Selasar gedung 2 Fikom. Acara ini dikoordinasikan oleh Arimy dan Putri. Acara pun dimulai jam 3 sore dan berakhir pada 7 malam.


Feature| 13

Waktunya Berenang! oleh Syalinara

Pada hari Minggu lalu, tepatnya pada tanggal 6 Mei 2012, kami melakukan Minggu Ceria (Mingce). Acara ini adalah Mingce perdana yang dilakukan oleh kepengurusan KJ21 periode 2012-2013. Dengan mengambil tema “Waktunya Berenang Bersama KJ21�, Mingce ini dilakukan di kolam renang yang berada di Caringin Regency. Mingce kali ini dihadiri oleh 14 orang adik asuh dengan 22 kakak KJ21. Adik-adik asuh yang datang di mingce kali ini memang lebih sedikit, karena sebagian dari adik-adik akan menjalani UAN SD di keesokan harinya. Maka dari itu, kami memutuskan untuk tidak mengundang adik-adik yang sedang di kelas 6 SD untuk berpartisipasi di Mingce ini. Seperti biasanya, Mingce kali ini dimulai pada pada pukul 8 pagi. Adik-adik asuh KJ21 diajak untuk sarapan bersama dengan roti dan susu. Setelah selesai sarapan sekitar 15 menit, mereka diajak berganti pakaian untuk bersiap-siap berenang. Kemudian, acara dilanjutkan dengan stretching dan pemanasan sebelum memulai renang yang dipimpin oleh Kak Anjas. Pemanasan selesai. Dan inilah saatnya Berenang! Woohooo~ Belajar renang ini dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok adik-adik yang masih SD diajari renang oleh Kak Anjas dan Kak Bobi. Sedangkan adik-adik yang sudah SMP diajari oleh Kak Rhea dan kak Rara. Setelah sekitar sejam diajari renang, adikadik ini kemudian diajak main games. Nah games-nya adalah mini polo air. Di sini, adik-adik ini dibagi menjadi tiga kelompok.

Kj21’s Events Tiap kelompok harus bisa mengumpulkan bola dan memasukkannya ke ember yang disediakan. Yang terbanyak mengumpulkan bola adalah pemenangnya. Setelah puas bermain-main, saatnya adik-adik keluar dari kolam renang. Mereka disuruh ganti mandi dan ganti baju. Untuk mengatasi kedinginan dan lapar yang mulai datang, kakakkakak KJ21 telah menyiapkan pop mie yang disantap sambil membaca bucil. Lagi-lagi bucil ini dibacakan oleh Kak Anjas. Nah, di bucil ini dijelaskan beberapa gaya yang bisa dipakai saat berenang. Setelah selesai baca bucil dan makan pop mie, adik-adik ini bersiap pulang. Eits, tentu saja mereka membawa bingkisan yang disediakan untuk mereka. Mereka terlihat senang dan puas saat meninggalkan Caringin Regency.


Entertain| 14

English Time!

Hansel & Gretel

A

poor woodcutter and his wife had two children named Hansel and Gretel. Their mother died when they were young. Hansel and Gretel were very sad. Soon their father remarried but their stepmother was very cruel. One day, she took the children deep into the forest and left them there. Clever Hansel had some breadcrumbs in his pocket and had dropped them on the way so that they could find their way back home. Alas! The birds ate all the crumbs and they couldn't find the path that led back home. Hansel and Gretel went deeper and deeper into the forest. They were hungry and tired. Finally, after walking for a long time, they saw a cottage made of chocolate, candies, and cake. “Look, Hansel! A chocolate brick!” shouted Gretel in delight and both ate it hungrily. Now, a wicked witch lived there. When she saw Hansel and Gretel, she wanted to eat them. She grabbed the children and locked them in a cage. The witch decided to make a soup out of Hansel and eat him first. She began boiling a huge pot of water for the soup. Just then, Gretel crept out of her cage. She gave the wicked witch a mighty push from behind and the witch fell into the boiling water. She howled in pain and died instantly. Hansel and Gretel found treasure lying around the cottage. They carried it home with them. Their stepmother had died and their father welcomed them back with tears of joy. They never went hungry again!


Entertain| 15

English Time!

The Ugly Duckling

A

little duckling was very sad because he thought he was the ugliest amongst all his brothers and sisters. They would not play with him and teased the poor ugly duckling. One day, he saw his reflection in the water and cried, “Nobody likes me. I am so ugly.” He decided to leave home and went far away into the woods. Deep in the forest, he saw a cottage in which there lived an old woman, her hen, and her cat. The duckling stayed with them for some time but he was unhappy there and soon left. When winter set in the poor duckling almost froze to death. A peasant took him home to his wife and children. The poor duckling was terrified of the children and escaped. The ugly duckling spent the winter in a marshy pond. Finally, spring arrived. One day, the duckling saw a beautiful swan swimming in the pond and fell in love with her. But then he remembered how everyone made fun of him and he bent his head down in shame. When he saw his own reflection in the water he was astonished. He was not an ugly duckling anymore, but a handsome young swan! Now, he knew why he had looked so different from his brothers and sisters. “They were ducklings but I was a baby swan!” he said to himself. He married the beautiful swan and lived happily ever after.


Entertain| 16

Did You Know? @ApakahKamuTau Alpukat adalah penekan nafsu makan alami yg paling efektif.

Kafein banyak digunakan pada produk perawatan kulit wajah.

kafein

alpukat

Bagian dalam kulit jeruk dapat digunakan sebagai 'scrub' yg dapat membantu mencerahkan dan memutihkan kulit.

jeruk

Pisang mengandung 3 gula alami, fruktosa, sukrosa & glukosa. Pilihan tepat untuk meningkatkan energi dalam seketika.

ayam

Saat sedang mengerami telurnya, Ayam betina akan berpuasa menahan lapar dan haus untuk meningkatkan suhu tubuhnya.

Di Jepang, makan KFC (Kentucky Fried Chicken) merupakan tradisi untuk merayakan hari natal.

pisang

Punuk unta berisi lemak, bukan air.

unta Extra Joss menguasai 80% pasar minuman energi di Philipina.

Istanbul (Turki) adalah satu-satu nya kota di dunia yg terletak di 2 benua. Asia dan Eropa. Tidur sejenak setelah belajar sesuatu dapat memperkuat ingatan Anda. Anak umur 4-5 tahun yg aktif bermain musik, memiliki kemampuan kognitif yg lebih kuat saat dewasa. Xenophobia adalah ketakutan terhadap orang asing. Tubuh manusia rata2 hanya dapat menahan 45 del satuan sakit. Tapi saat melahirkan, ibu kita merasakan 57 del satuan sakit.


Opini| 17

What Did People Say About KJ21? Bp. Aceng Abdullah PD3

“Saya bangga dengan KJ21 karena mampu melakukan kegiatan sosial di sekitar Jatinangor. Karena di fakultas lain tidak ada UKM khusus yang berkesinambung di dunia sosial seperti KJ21 ini, hanya mengadakan segiatan-kegiatan sosial saja. Harapan saya dengan KJ21 yaitu adanya kaderisasi adik asuh karena adik asuhnya kan sudah banyak yang beranjak dewasa, jadi nanti ada 2 kelompok adik asuh, yaitu kelompok adik asuh yang masih SD dan SMP agar tidak canggung saat bersama-sama”.

Muhammad Annas Triwibowo Donatur Tetap KJ21

Muhammad Irsyad Donatur Lepas KJ21

“Menurut gue, KJ21 itu bagus karena bisa ningkatin rasa kepedulian kita dari sekarangsekarang ini. Apalagi kita kan mahasiswa, jadi jarang tuh yang mau peduli sama anakanak yang kurang mampu. Nah lewat KJ21 ini kita lebih mudah beramal, terus seenggak nya nolong apa yang kita mampu dan bisa buat mereka walau itu cuma hal kecil”. “Semua anak berhak mendapatkan perhatian, perlindungan, dan kasih sayang dari orangorang disekitarnya. Saya rasa dari sinilah KJ21 berdiri, yaitu sekelompok orang yang memiliki satu tujuan. Dengan adanya KJ21, anak-anak tersebut mendapatkan pengalaman yang berharga melalui kegiatan-kegiatan yang diberikan seperti games dan edukasi. Saya sangat senang telah ikut serta dalam UKM ini karena melihat mereka tertawa merupakan suatu kepuasan tersendiri bagi saya dan diharapkan KJ21 ini selalu aktif, semakin eksis, dan menjadi panutan bagi UKM-UKM lainnya”.


Opini| 18

What Did People Say About

“Lucki Subagja”?

Bretty Sagala (Bretty) – Keuangan “Kak Lucki memiliki kharisma sebagai leader serta ramah dan pengertian pada lingkungan KJ21. Baik pada anggota-anggotanya maupun situasi kegiatan KJ21” Ayu Laksmi Utami (Ayu) - Pembinaan “Kak Lucki itu orangnya baik, ramah, tegas dalam bersikap, tapi kurang ketegasan di mukanya sangking mukanya terlalu baik haha”

Asri Permata Sari (Aci) – Hubungan Masyarakat (Humas) “Lucki itu ngemong orangnya, sabar dan baik banget. Lucky juga demokratis dan suka ngasih banyak trobosan proker di KJ21, tapi Lucky kurang tegas orangnya”

Arimy Adi Savitri (Arimy) – Sumber Daya Manusia (SDM) “Berwibawa, care, royal, tapi kadang suka kagokan gitu” Putri Maulidia (Ifuk) - Kesekretariatan “Lucki itu plin plan, suka dadakan, sibuk sendiri, pengen semua proker cepat kelar, tapi suka bercanda dan bocor”

Komang Khrismananda (Komang) - Wakil Ketua Kj21 “Lucki orangnya asyik, jayus, pintar memimpin, dan mengatur, sigap, tapi sedikit lemah dalam memantau”


KJ21 Yes, We Care!


KJ 21 2ND EDITION  
Advertisement
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you