Page 64

Pendirinya, The Fondaizone Musica per Roma, memiliki misi meningkatkan keberadaan musik modern, seni rupa, teater/drama, seni tari, dan sinema yang ada di Roma. Parco Della Musica juga merupakan ‘rumah’ untuk the Academia Nazionale di Santa Cecilia, institusi musik klasik yang terkenal di Italia. Secara berkala institusi ini mengadakan pertunjukan simfoni tiap tahun. Parco Della Musica merupakan kompleks pertunjukan terbesar yang ada di Eropa dan satu dari sepuluh yang terbesar di dunia, yang mewadahi semua jenis pertunjukan. Jumlah pengunjung yang datang pada 2004 mencapai 4 juta orang.

Gambar 2.54 Suasana Eksterior Parco Della Musica Sumber : Situs Renzo Piano, 3 Juni 2010.

Sebagian besar material yang digunakan pada tiap auditoriumnya adalah busa unuk kursi dan kayu untuk langit-langit. Dinding pada Santa Cecili menggunakan kayu atau panel-panel dengan permukaan yang tak teratur dan besar untuk mendistribusikan suara. Langit-langit dibuat kurva dengan lampu dan pengeras suara digantungkan di sela-sela kurva. !

50!

Laporan TA Arsitektur: BSD Performing Arts Centre  

Hasil laporan perancangan sebagai bagian dari penyelesaian tugas akhir saat menempuh program strata 1 bidang Teknik Arsitektur di ITB tahun...

Advertisement