Page 63

berukuran sedang, memiliki kapasitas sebanyak 1200 kursi. Dirancang dengan tata akustikyang fleksibel, Digunakan untuk fungsi yang fleksibel dengan setting panggung yang dapat disesuaikan dengan fungsi, seperti balet, pertunjukan musik kontemporer. Langit-langit datar dengan panel-panel reflektor yang digantung. Pencahayaan dan pengeras suara diletakkan diantara panel-panel tersebut.

Gambar 2.52 The Sala Sinopoli Hall Sumber: Situs Auditorium Parco Della Musica , 3 Juni 2010.

Dinding ruang Sala Sinopoli datar tanpa ada reflektor atau bentukan dinding yang tak beraturan. Balkon di sisi kanan dan kiri dibuat miring. Untuk penonton pertunjukan, bangku yang tidak langsung menghadap ke panggung dirasa kurang nyaman. Dibangun atas dasar menjaga dan menunjang budaya roma yang bersifat urban. Idenya adalah mengkombinasi berbagai jenis pertunjukan yang biasa diadakan di Roma, oleh karena itu, Parco Della Musica terbagi atas 3 (tiga) bangunan utama dan 1 (satu) teater terbuka hingga sekarang.

Gambar 2.53 The Sala Santa Cecilia Hall Sumber: Situs Auditorium Parco Della Musica, 3 Juni 2010.

49!

Laporan TA Arsitektur: BSD Performing Arts Centre  

Hasil laporan perancangan sebagai bagian dari penyelesaian tugas akhir saat menempuh program strata 1 bidang Teknik Arsitektur di ITB tahun...

Advertisement