Page 19

1.3 Tujuan Perancangan ! Ada beberapa hal yang menjadi tujuan utama dalam merancang proyek ini, yaitu : •

Memfasilitasi kegiatan hiburan di bidang seni pertunjukan, yaitu seni musik, seni tari, seni teater/drama, dan seni opera, dalam hal ini adalah penyediaan fasilitas auditorium pertunjukan, baik tertutup maupun teater terbuka.

Menghasilkan rancangan suatu kawasan atau pusat seni yang memiliki fasilitas berstandar internasional, baik dari segi program ruang, kapasitas auditorium, maupun perancangan akustik.

Menghasilkan sebuah rancangan yang mampu menjadi simbol/ikon kawasan BSD City maupun Negara Indonesia, dalam hal estetika bangunan monumental.

Mengembangkan fungsi kawasan pusat seni pertunjukan yang bukan hanya sebagai tempat pertunjukan/hiburan, tetapi juga sebagai ruang publik yang bisa diakses kapan saja oleh semua kalangan masyarakat.

! 1.4 Permasalahan Perancangan ! Ada 3 fokus utama permasalahan dalam perancangan yang diangkat dalam proyek ini, yaitu: • siteplanning : bagaimana mengintegrasikan kawasan pertunjukan dengan kawasan publik dalam satu lahan, serta berhubungan dengan fasilitas lain di luar tapak. • building : bagaimana menyusun program ruang yang efektif untuk mengatur dengan baik sirkulasi publik, penampil, dan kru dalam satu acara. • design : bagaimana cara membuat bangunan yang menjadi ikon sebuah kota baru tanpa ciri khas kebudayaan setempat. !

5!

Laporan TA Arsitektur: BSD Performing Arts Centre  
Laporan TA Arsitektur: BSD Performing Arts Centre  

Hasil laporan perancangan sebagai bagian dari penyelesaian tugas akhir saat menempuh program strata 1 bidang Teknik Arsitektur di ITB tahun...

Advertisement