Page 142

barat laut tapak dengan barat daya tapak. Pemintakatan ruang dalam bangunan penunjang dibagi 2 (dua) kelompok, yaitu kelompok hiburan/hobi di sebelah utara (perpustakaan, toko hobi) dan kelompok penyegaran di sebelah selatan (kafe, restoran, minimarket). Terdapat lantai dua di ujung selatan bangunan, yang dipergunakan sebagai musholla umum, sehingga tidak ada ruang negatif yang tercipta dari bangunan ini.

4.3.5 Ruang Dalam Ruang dalam untuk auditorium sangat terikat oleh kaidah-kaidah perancangan auditorium. Dimana sangat di dominasi oleh kebutuhan-kebutuhan akustik bangunan. Ruang dalam auditorium dibuat berkesan elegan, didominasi bahan baja, vinyl dan karpet, dengan warna gelap. Ruang dalam auditorium membutuhkan ruang yang masif, sehingga tidak ada bukaan. Untuk lobby berkebalikan dengan ruang auditorium, didominasi dengan bukaan yang cukup besar, berkesan lega dan di dominasi warna cerah dan lampu.

4.3.6 Arsitektur Tropis ! Iklim tropis yang berada di daerah perancangan mendorong bangunan harus dirancang untuk merespon arsitektur tropis. Pada umumnya, arsitektur tropis direspon dengan bentukan atap yang miring, banyaknya ventilasi alami, penggunaan talang air, banyaknya bukaan, dan sebagainya.

Gambar 4.6 Greenroof di NUS, Singapura.. Sumber: Situs Tours in Singapore, 5 Juni 2010.

128!

Laporan TA Arsitektur: BSD Performing Arts Centre  
Laporan TA Arsitektur: BSD Performing Arts Centre  

Hasil laporan perancangan sebagai bagian dari penyelesaian tugas akhir saat menempuh program strata 1 bidang Teknik Arsitektur di ITB tahun...

Advertisement