Page 138

ke fasilitas tersebut juga bisa menikmati pertunjukan yang berada di teater terbuka. Lahan di seberang teater terbuka, yaitu di sebelah selatan tapak, dipergunakan sebagai taman patung untuk para pengunjung yang ingin suasana lebih tenang sekaligus mempelajari mengenai seni-seni pertunjukan. Perletakan massa bangunan pun diatur sedemikian rupa agar terbentuk ruang positif di semua tempat, terutama di area publik sebelah timur tapak.

4.2.5 Pembentukan Ruang Luar Ruang luar yang terbentuk ada yang disengaja menjadi ruang luar seperti atap bangunan penunjang yang dijadikan ruang luar hijau, ada yang tidak sengaja terbentuk dan dirancang menjadi taman, plaza, kolam, dan jalur pedestrian. Konsep ruang luar dibagi menjadi 3 (tiga) zona, yang menjadi tiga tanda sekaligus tiga fungsi. Zona pertama adalah ‘zona musik’, terletak diutara yang disimbolkan oleh patung pemusik. Zona kedua adalah ‘zona opera’ atau drama, terletak di sebelah selatan tapak yang disimbolkan oleh patung aktor/aktris. Zona ketiga adalah ‘zona tari/dansa’, terletak di bagian barat yang disimbolkan oleh patung penari.

4.3 Konsep Bangunan 4.3.1 Bentuk Bangunan Bentuk bangunan, yang dimulai dari denah, merupakan hasil transformasi dari bentuk logo BSD City yang melengkung sederhana, sekaligus menganalogikan sifat dinamis dari seni pertunjukan. Pengambilan bentuk BSD City juga dikarenakan bangunan ingin menjadi ikon kawasan BSD City, kota yang belum/tidak memiliki ciri khas atau kebudayaan setempat.

124!

Laporan TA Arsitektur: BSD Performing Arts Centre  

Hasil laporan perancangan sebagai bagian dari penyelesaian tugas akhir saat menempuh program strata 1 bidang Teknik Arsitektur di ITB tahun...