Issuu on Google+

Edisi I / Juni 2012 Rp. 5000 - LUAR P. JAWA Rp. 6.500

www.fametabs.com

FAME

Bottle Smoker

Jajan Jazz Si Seribu Tangan

Lady Gaga(L) Capoera Kami Bukan Penyembah Alien

.. w ko

ASK GIRL

ng o K

@fametabs www.facebook/fametabs.com


TIM REDAKSI Pemimpin Redaksi Natalia Inri .M

Editor

FROM US

Natalia Inri .M Ayu Rustiana Anggriani .L Pasaribu

Graphic Designer Ayu Rustiana

Reporter Natalia Inri .M Ayu Rustiana Anggriani .L Pasaribu Jesslyn Catherine

Photographer

Natalia Inri .M Ayu Rustiana Anggriani .L Pasaribu Jesslyn Catherine

Hi, Famers! Senang sekali akhirnya tabloid ini bisa rampung setelah melewati banyak fase serta pergantian nama yang membingungkan. Ini adalah edisi pertama, kami berharap dapat membantu Famers menemukan berbagai informasi seru untuk dipelajari serta dijadikan acuan. Edisi kali ini FAME akan membahas seputar musik yang berkembang di industri musik Indonesia. Seperti yang Famers tahu, saat ini negeri kita penuh dengan boyband dan girlband yang menguasai panggung entertainment. Begitu banyak penggemar meraka, mulai dari yang masih kecil sampai opa dan oma. Tapi, di luar dari girlband dan boyband yang sedang naik daun itu terdapat musik yang bahkan telah membawa nama Indonesia ke mancanegara. Musik electro. Mungkin terdengar kurang familiar, tapi berkat dua orang jejaka Bandung, musik ini telah diperkenalkan Indonesia ke mancanegara. Memang bukan mereka yang pertama kali menciptakan musik ini, tapi dengan sentuhan yang berbeda mereka telah membuat suatu karya musik yang begitu membanggakan. Bottle Smoker. Itulah sebutan bagi kedua sahabat yang menekuni musik electro ini. Bagi mereka setiap nada dalam music merupakan suatu ekspresi dari dalam diri mereka sendiri. Kegemaranya merangkai nada membawah mereka kepada industry musik dengan label indie. Namun meskipun begitu eksistensinya di mancanegara patut diberikan apresiasi yang sangat tinggi ditengahtengah menjamurnya boyband dan girlband di belahan dunia. Penasaran bagaimana survive-nya mereka? Simak di kolom profile ya!

with love

Famers!

2


PROFILE Generasi Pembawa Musik Baru untuk Bangsa Dua jejaka Bandung, yang membawa nama Indonesia hingga keluar tanah air. Bahkan musiknya sudah masuk ke kancah Asia. Musiknya unik dan menggelitik, membuat semua orang yang mendengarnya mau tak mau bergerak dan tersenyum mendengarnya. Mau tahu gimana serunya? “Angkuy dan Nobi berhasil menghipnotis para pneonton”

Malam itu suara percikan air, nyanyian burung, suara akordion bercampur jadi satu. Sebuah harmonisasi music yang mengagumkan, serasa sedang menikmati udara pagi saat mendengar lagu tersebut. Berbagai macam alat berada di atas tiga buah meja yang tersedia di atas panggung. Kalau melihat dari dekat, pasti akan merasa aneh. Mereka Bottle Smoker, sebuah band yang beranggotakan dua orang pemuda yang bersahabat karib Nobi dan Angkuy. Mereka bermusik tanpa vocal, hanya dibantu dengan alat music digital dan alat music mainan anak-anak. Seperti instrument saja, tanpa harus ada yang bernyanyi atau yang lain.

“Musik adalah hidup kami,”

“..................”

Dengan bermodalkan alat musik Kaoss Pad mereka mencoba memainkan konsep bermusik mereka yang dinamakan Bedroom Music. Berawal dari tugas-tugas mereka semasa kuliah yang berkecimpung di dunia Radio Broadcast, saat tahun 2005 itulah awal mereka memutuskan untuk mendalami music ini. Dari hanya sekedar sering membuat jingle, backsound untuk iklan radio, lama-kelamaan mereka membuat music dengan durasi

“The Party has begin..”

Mereka tidak pernah berpikir hingga bisa berkarya seperti sekarang. Dulu saja mereka sering menipu teman sesama anak kost untuk mendengarkan music mereka yang mereka katakan sebagai music dari band lain. Padahal, secara tidak langsung, itulah cara mereka berpromosi dari mulut ke mulut. Dan ketenaran mereka bukan dilirik Indonesia dulu awalnya. Malaysia, itulah Negara pertama yang mereka kunjungi untuk “manggung”, memperkenalkan music mereka tersebut, yang menurut mereka bergenre Electric Pop.

Saat mereka berpergian ke luar negeri untuk manggung, mereka sering mencari secondhand shop untuk mencari alat music yang kiranya sesuai untuk perform mereka. Seperti akordion mini yang mereka pakai malam ini, handbell, dan masih banyak alat lain yang bisa disulap untuk dijadikan pelengkap music mereka. Mengapa mereka menolak untuk meng Dari segi music, Inspirator mereka adalah musisi dari Jepang dan Islandia. Dari Jepang, Lula Toon, pasan- komersilkan music mereka? Here’s is the answer! gan suami istri dari Jepang, yang menggunakan alat music Mereka memiliki perasaan yang sangat bahagia kemainan yang membuat Bottle Smoker juga terinspirasi mem- buat berbagai macam alat music mainan yang akan dijadikan tika mendownload software gratis untuk game dari computer poin bermusik mereka. Ada juga Cloud and Proud, seorang mereka. Mereka ingin kita merasakan hal yang sama. Seketuruanan Bali-Jepang-Kanada, dan tinggal di Kanada. hingga, mereka membolehkan kita mendownload lagu mereka gratis sebanyak-banyaknya, asal tidak digunakan untuk Untuk Inspirator non Musikal mereka banyak terin- tujuan komersil, melainkan hanya untuk kesenangan semata. Ternyata di jaman serba uang sekarang ini, maspirasi dari film, dub (isi suara) tertentu dalam film. Kegiatan sehari-hari seperti jalan pagi, hari mendapat bonus, menger- sih ada musisi yang berpikiran semulia ini. Niatnya hanjakan tugas, menimbulkan inspirasi liar mereka sehingga ya memperkenalkan music mereka secara luas dan membisa menghasilkan banyak instrumental. Dan juga meru- biarkan orang senang menedengarkannya. Mereka pun pakan inspirasi mereka dalam membuat judul lagu tentunya. pernah diberi penghargaan sebagai The Best Electro Music.

“Angkuy dan Nobi saat diwawancara oleh wartawan Fame”

Bottle Smoker

3


1

Planks

latihan ini sederhana sekali. Anda cukup membuat posisi seperti push up, tetapi saat tangan lurus tegak. Kemudian anda tahan selama mungkin tubuh anda tetap lurus, saat itu otot perut dan punggung anda akan bekerja keras untuk menahannya tetap lurus.

Reverse Crunch

Muscle

latihan ini menggunakan alat dimana siku dan tangan kita sebagai penompang tubuh dan kemudian mengangkat kaki hingga 90 derajat. Jika anda sudah terbiasa, bisa menggunakan dumbbell yang dijepitkan dikaki untuk menambahkan beban.

Apakah sahabat famers fitness? Apakah sahabat famers ingin membentuk otot dada? dan apakah sahabat famers ingin mengetahui tips cara cepat membentuk otot dada? Membentuk otot dada yang ideal merupakan dambaan setiap lelaki untuk menarik perhatian dan meningkatkan rasa percayadiri. Lalu bagimana cara membentuk Otot Dada Pria tersebut? Well, jangan takut jangan bimbang karena Fame bakalan kasih tau tips apa dan bagaimana untuk membentuk otot dada yang sehat dan cepat. Seperti apa cara Cepat Membentuk Otot Dada tersebut? Well, kita simak penjelasannya berikut ini.

4

2 3

Captain chair latihan ini menggunakan alat dimana siku dan tangan kita sebagai penompang tubuh dan kemudian mengangkat kaki hingga 90 derajat. Jika anda sudah terbiasa, bisa menggunakan dumbbell yang dijepitkan dikaki untuk menambahkan beban.

Butt ups latihan ini seperti Planks, tapi tidak statis, setelah posisi Planks lalu tarik panggul ke atas. Kemudian kembali ke posisi semula dan ulangi lagi.

5

Barbell abs rollout

gunakan alat rollout khusus untuk ini yang berupa roda tunggal dengan pegangan di dua sisinya. Tetapi jika tidak ada bisa menggunakan barbell yang bagian platnya bebas berputar. Bertumpu pada lutut dan kedua lengan berpegang pada rollout. Dorong rollout ke depan hingga punggung sejajar dengan lantai (bukan menempel) lalu tarik kembali.

Well, itulah sedikit tips bagimana cara membentuk otot dada dengan cepat. Semoga tips ini bermanfaat.

4


FAME PLACE Café yang buka dari pukul 12.00 hingga pukul 02.00 ini, mengusung tema dekorasinya untuk kenyamanan dan kekeluargaan. Makanya terlihat seperti adanya kaos-kaos dan sepeda. Gunanya membuat pengunjung nyaman seperti tidak dalam café tapi seperti di rumah. Setelah panjang lebar menceritakan tentang Comedy Café itu apa, sekarang kita akan bahas tentang kelezatan sajiannya yang menjadi prioritas. Ada Nasi Asal Comedy yang merupakan campuran dari aneka sayuran, smoked beef, dan telor. Budget makanan di sini masih masuk akal kok. Kira-kira butuh duit sekitaran Rp 80 ribuan saat berhadapan dengan kasir.

Combro Pedes Mercon

Range Harga : Terjangkau Jam Operasional : 10.00 - 02.00 (Weekday) 10.00 - 03.00 (Weekend) Alamat : Jl Kemang 1 kav 71-80 Jakarta 12730

canda Comedy Cafe Hai kalian semua yang ngaku sebagai AGATA atau Anak Gaul Jakarta! Jangan sampai kalian ketinggalan satu pun informasi. Termasuk informasi tentang tempat makan yang juga bisa sebagai tempat nongkrong. Tapi nongkrongnya juga bukan sembarang nongkrong. Di sini kalian juga bisa menghilangkan stress. Penasaran kan sama tempatnya? Yap, inilah dia Canda Comedy Café Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Comedy Cafe. Café yang berada di daerah Kemang, Jakarta Selatan ini, didirikan oleh Ramon Papana pada 1997. Café ini memiliki fungsi yang serbaguna. Selain kalian bisa menikmati menu makanan yang disajikan, kalian juga bisa menikmati dan melakukan sendiri hiburan stand up comedy.

Nasi Goreng Comic ala Comedy Cafe

“Konsep café ini memang didesain bukan cuma untuk memuaskan perut saja, tapi juga suasana hati pengunjungnya pun ikutan diperhatikan. Café ini juga menyediakan panggung yang ditujukan supaya pengunjung dapat bernyanyi, karaokean, beat box dan atau apapun. Dan yang membedakan Comedy Café ini dengan café lainnya yaitu adanya stand up comedy, tapi bukan hanya untuk artis saja (seperti Pandji, Raditya Dika) tapi juga untuk pengunjung. Karena Comedy Café ini ada untuk dapat mengeksplor kemampuan stand up dari pengunjung yang datang”, tutur Reza, salah satu karyawan dari Comedy Café.

Spaghetti Smoked

Beef Aglio Olio

Pizza BBQ

Buat kalian para pecinta komik yang ada di daerah Jakarta, khususnya Tebet, harus banget nih kalian datang ke Comic Café. Café yang satu ini memang sengaja dibuat dan didesain seperti suatu tempat untuk dapat bertemu dengan tokoh idola komik kalian. Tokoh komik tersebut ada Superman, Wonder Woman, Captain America, dan kartun Manga juga. “Comic café tuh tempatnya cozy banget. Perfect deh kalau buat nongkrong. Makanan favorit di sini itu chicken steak, sedangkan minumannya itu coffee late.” Café yang sudah berdiri sekitar empat tahun ini juga memiliki library sederhana yang berisi komik-komik.Selain itu, comic café juga memberikan hiburan live music bagi konsumennya. Untuk hiburan ini biasanya diadakan pada saat weekend supaya dapat menarik minat dan perhatian masyarakat dan pencinta komik dan kuliner. Meski comic café didesain dengan menarik dan cukup berkelas, bagi kalangan remaja dan dewasa café ini tidak terbilang mahal dan tidak menguras kantong. Berikut ini menu yang direkomendasikan untuk kalangan pelajar dan mahasiswa yang terbilang aman.

Comic Cafe

Range harga : Rp 6.000 - 50.000 Jam operasional : 10.00 - 23.00 (weekday) 10.00 - 24.00 (weekend) Alamat : Jl. Tebet Utara Raya No. 53 D Tebet, Jakarta Selatan INDONESIA 12840 Email: comiccafeindonesia@yahoo.co.id Twitter: @comiccafeindo

Friends, kita punya satu lagi rekomendasi tempat makan yang cozy banget. Setelah seharian berada dalam rutinitas dan kemacetan, FAME punya penawarnya. Ini dia, Kemang Food Festival. Bentuk Kemang Food Festival dibuat seperti foodcourt yang banyak terdapat di mall-mall di Jakarta. Puluhan outlet makanan memadati foodcourt yang mulai ramai selepas pukul 17 petang hingga dinihari. Dibandingkan dengan foodcourt sejenis, Kemang Food Festival lebih berkelas. Lantainya dari lantai batu tertata rapi. Belum lagi susunan meja dan kursi yang tertata. Apa yang tersedia di Kemang Food Festival? Banyak dan itu semua tergantung selera pengunjung. Ada Opi’s Kebab, Roti Bakar Eddy, Raja Bubur ala Hongkong, dan lain sebagainya.

Miyabi house

Bagi kalian pencinta masakan ala Jepang, kali ini FAME punya liputan salah satu makanan yang paling diminati pengunjung di Kemang Food Festival, yaitu Miyabi House. Apa sih Miyabi House itu? Ini adalah rumah makanan yang menyajikan masakan-masakan ala Jepang yang menyediakan makanan seperti sushi, ramyun dan lainnya.

Beef Curry Ramen

Ori Baked Seafood

Nah, itu adalah salah satu rekomendasi tempat makan dari FAME yang asik di daerah Kemang. Kalau kalian merasa makanan di foodcourt itu tidak sesuai dengan selera kalian, jangan kecil hati. Soalnya, kalian masih bisa merasakan suasana kongko di kawasan Kemang Food Festival ini. Jadi, selamat kongko dan selamat berburu makanan! Range harga : terjangkau Jam operasional : 17.00 - 23.00 (weekday) 17.00 - 24.00 (weekend) Alamat : Jl. Kemang Raya No. 19 Bangka Mampang Prapatan, Jakarta Selatan

5


JEREMY ELLIS

EVENT

“Si Seribu Tangan”

Lady Gaga(L) kona saat

“Gaga.. oh.. Gaga.. ternyata kau gagal..”

aranny rta jaj se r e b Daddy pers r Big frensi Promoto

Berita tidak menyenangkan datang dari promotor Lady Gaga. Pasalnya, konser yang akan diselenggarakan pada tanggal 3 Juni ini dibatalkan oleh management Lady Gaga sendiri. “Kami atas nama managemen Big Daddy, dengan berat hati ingin menyampaikan bahwa konser Lady Gaga yang akan dilaksanakan 3 Juni 2012 tidak dapatdiselenggarakan,” ujar pengacara promotor Lady Gaga, Minola Sebayang, dalam konferensi pers di Senayan City, Jakarta, yang dikutip oleh Detik News. Sebelumnya, beberapa organisasi masyarakat di Indonesia, seperti FPI, juga menolak kedatangan penyanyi nyentrik yang dikenal dengan Mother Monster. Mereka mengatakan bahwa konser yang akan dilaksanakan sekitar 2 jam itu dapat berimbas buruk bagi para penontonnya. Selain itu, mereka juga berniat untuk mengacaukan konser tersebut bila masih terus berlangsung. Hal inilah yang membuat management Lady Gaga mengurungkan niat untuk tetap melakukan konser di Indonesia.

tu aksi Salah sa

yang protes

Fatwa dilakukan

Islam

Di situ terlihat jelas bahwa bukan hanya para little monster yang merasa sedih akan kegagalan konser tersebut, tapi juga Mother Monsternya pun begitu.

Selain menanggapi tentang video flash mob, sebelumnya Lady Gaga juga pernah mengomentari tentang isu gagalnya konser di Indonesia. Mungkin begitu “Karena Lady Gaga sangat concern dan menghormati banyaknya kekecewaan dari Little Monster membuat orang-orang di Indonesia, oleh karena itu dia dan tim man- mereka ingin menyatakannya langsung kepada Gaga. agemennya tidak ingin ada yang terluka atau menjadi korban saat konser.Akhirnya tim managemen Lady Gaga membatalkan konser ini,” sambung Minola yang dikutip Detik News. Para pengemar Lady Gaga yang kerap disapa Little Monster ini meluapkan kekecewaannya dengan melakukan aksi tabur bunga di depan Gelora Bung Karno, Jakarta. Selain itu, mereka juga membuat bentuk kekecewaan positif mereka lewat video Flash Mob yang dilakukan di EX, Jakarta dan video tersebut diunggah ke dalam situs berbagi video, seperti Youtube.

Meski pihak dari Lady Gaga membatalkan konsernya di Indonesia, tapi untuk konser di Negara Asia lainnya tetap berjalan dengan sukses dan lancar. Misalnya konser di Singapore. Beberapa masyarakat dan artis Indonesia (seperti grup band Nidji, Shanty, dan lainnya) yang menyukai Lady Gaga sampai rela berkorban mengeluarkan kocek lebih banyak untuk hadir di konser Lady Gaga di Singapore tersebut.

Video yang berdurasi sekitar 10 menit itu berisi aksi dari para Little Monster. Dan ternyata tayangan video tersebut sampai dilihat oleh Gaga dan membuat hatinya tergugah. Sebagai responnya terhadap video itu, ia pun berkicau di salah satu situs jejaring sos- Dan berhubungan dengan kegagalan konser Lady ial dan menyatakan kesedihannya sebagai berikut. Gaga, pihak managemen pun lantas ibarat mendapat mimpi buruk ringan. Yaitu di mana pihak manajemen perlu mengatur jadwal untuk pengembalian uang (refund) kepada pihak–pihak yang telah membeli tiket, yaitu kepada para little monsters.

“This made me cry so hard. This happened in Indonesia yesterday. I love you so much. You are the best fans in the world.” -Lady Gaga-

nser lnya ko ta a b s k prote nster tu bentu leh Little Mo sa h la o Sa

aga Lady g

Pihak promotor, Big Daddy, telah mengatur jadwal pengembalian uang dan pada 10 Juni lalu, telah dilakukan tahap pertama pengembalian uang di Piazza, Gandaria City, Jakarta. Yaitu refund untuk kategori Tribune 2 (purple) dengan harga Rp 465.000 untuk 1.500 tiket fisik. Syarat untuk refund yaitu dengan cukup membawa tiket asli dan KTP asli. Meski acara pengembalian tiket tersebut berjalan dengan aman dan lancar, tapi terlihat kondisinya lowong. “Hingga pukul 11.00 WIB baru sekitar ratusan tiket dari 1.500 tiket fisik yang seharusnya selesai ditukar hari ini”, ungkap Edi Purnomo, Production Director dari promotor Lady Gaga, Big Daddy kepada Antara News.

ther Monster” Little Monster yang meniru “Mo

shmob ukan Fla k la e m t a onster sa Little M

di EX

Jeremy Ellis, seorang musisi yang bermain di genre music electro, yang berasal dari Amerika. Senyumnya sangat lebar dan seorang yang sangat professional. Dia menyiapkan semua alat-alatnya sendiri, datang jauh lebih pagi daripada krunya. Dan ramahnya melebihi kru yang bekerja untuknya. Ketika ditanya mengenai latarbelakang musiknya, dia mengatakan kalau keluarganya telah berkecimpung di dunia music selama lebih dari 100 tahun. Semua orang memainkan alat music piano, dan ada juga yang bermain cello. Dirinya sendiri terbiasa dengan piano sejak kecil, dan menurutnya musiknya adalah black-american-music. Music untuk orang kulit hitam di Amerika saat itu. Inspirasinya dalam bermusik adalah orangorang yang mengerti music di sekelilingnya, dan semua music yang dia dengarkan memberinya inspirasi. Dan semua yang dia pelajari adalah inspirasi baginya untuk menciptakan music. Mengapa dia memilih untuk bermain di jalur electro? Karena basicnya dia adalah pemain piano dan keyboard. Dan dia menyukai jenis music seperti yang dia mainkan dan dia aransemen. Jadi dia tetap bermain di genre electro. Pesannya untuk anak muda yang bermain musik: pelajarilah piano, khususnya piano klasik, karna setelah memahami dan mahir memainkannya, kalian bisa bermain di jalur music manapun.

Secondhand Serenade Kembali menggebrak Tanah Air

Secondhand Serenade pertama kali tampil di Tanah Air pada tahun 2009 tepatnya dalam acara Java Rockin’Land . Ia kemudian kembali pada Januari 2011 dengan menggelar dua konser masing-masing di Bandung dan Surabaya. Kali ini John Vessely akan kembali ke Tanah Air untuk ketiga kalinya. Kabar mengatakan bahwa Secondhand serenade akan konser di tiga kota besar di Indonesia. su tersebut berhembus via Twitter. Konser Secondhand Serenade akan dimulai di Bandung pada 27 April dan berlanjut ke Jakarta sehari kemudian tanggal 28 April 2012. Konser lalu ditutup di Makassar pada 29 April 2012. Meski sudah berkali-kali singgah ke Jakarta, calon penonton sepertinya masih cukup banyak yang antusias untuk melihat aksi si duda keren tersebut. Hingga kini rencana harga tiket pun belum dibocorkan semua ke publik. Kecuali konser di Jakarta, akan dipromotori oleh BlackRock Entertainment dan StarDpro. Konser digelar di Tennis Indoor Senayan dan harga tiket mulai Rp 200 ribu.

6


HOBBY

Jajan Jazz

BUKAN HANYA SEBUAH KOMUNITAS, NAMUN SEBUAH “KELUARGA PECINTA MUSIK JAZZ” Om Yunus Arifin, begitulah kru Famers memanggilnya. Dia seorang pendiri Jajan Jazz, sebuah komunitas music Jazz di BSD (Bumi Serpong Damai) sejak tahun 2006, tepatnya bulan Maret. Konsep awal dari Jajan Jazz ini adalah karena Om Yunus sangat suka music Jazz, dan menurutnya kalau komunitas hanya berisi kumpulan orang penyuka jazz tanpa ada kegiatan, tidak mungkin akan berjalan. Harus ada wadah tersendiri untuk mereka. Agar komunitas ini tetap berjalan, dibentuklah sebuah komunitas yang selalu ada kegiatan regulernya. Tujuan dibuat komunitas adalah sebagai media antara penikmat atau pecinta jazz dengan musisi yang ingin mengeksplor keahlian bermusiknya dan memperdengarkannya bagi banyak orang. Jazz ini sendiri dalam pagelaran ini boleh dikombinasi dengan jenis musik lain, seperti pop, dangdut, reggae, asal masih sejalur dengan Jazznya, masih berada dalam “hukum dan rhythm” jazz. Perbedaan musik jazz dengan yang lain adalah di bar ke 2 dan 4 dalam not balok. Para musisi Jazz ini biasanya mengaransemen di tempat secara spontan, dan tidak asal. Permainannya tetap bagus dan skillnya benar dan mampu dipertanggungjawabkan. Mereka dapat menjelaskan skill yang mereka mainkan secara spontan tersebut. Di situlah keunggulan music Jazz itu sendiri. Jazz sendiri bukanlah musik yang populis, yang semua orang bisa mendengarkan dan menikmatinya. Kalau dilihat dari perkembangannya, komunitas ini sangat banyak penggemarnya, penggemar yang fanatic pun ada, yang harus selalu menonton setiap minggu. Pak Indro salah satunya, ia dan keluarga tidak pernah absen untuk menonton Jajan Jazz ini. Menurut mereka, komunitas ini bukan hanya sebagai tempat berkumpul, tapi tempat “keluarga” datang bersillaturahmi, menikmati music Jazz. Dan menurutnya juga, komunitas music ini adalah yang paling konsisten. Ada beberapa komunitas yang seperti ini, ujung-ujungnya malah berhenti di tengah jalan karena ketidak-konsistenannya dalam menyajikan acara music. Kembali ke perbincangan dengan Om Yunus, beberapa bulan sekali, tidak tentu waktunya akan ada saja musisi dari luar negeri. Karena Jajan Jazz ini sendiri bukanlah komunitas yang komersil, musisi luar yang datang karena ketersediaan dari pihak mereka sendiri. Biasanya karena mereka manggung di Singapore, atau Malaysia, pihak Jajan Jazz menawari tiket untuk sekedar mampir dan main di Jajan Jazz. Karena musisi tersebut tahu konsep Jajan Jazz dan merasa bagus, mereka mau main tanpa dibayar. “Karena bermain music di music Jazz yang utama adalah kesenangan. Perasaan bahagia saat bermain.” Kata Om Yunus singkat. Dari mana sih awal mula music Jazz? Om Yunus punya jawabannya. Dulu, waktu masih jaman perbudakan di Amerika, mereka suka sekali nembang atau bersenandung. Hal ini dilakukan karena mereka tidak boleh berbicara dan bercakap-cakap. Jadi mereka bersenandung untuk mengeluarkan isi hatinya. Senandungnya mereka ingat-ingat dan mereka jadikan note. Dari situlah muncul harmoni-harmoni untuk dijadikan suatu lagu. Makanya, musisi Jazz itu biasanya akan terlihat ekspresinya saat bermain music, sepenuh hati. Lirik adalah nomor sekian. Yang penting adalah music, skill, dan baru lirik, kalau memang perlu.

UFONESIA

adi Dok. Prib

“Kalau hanya bermain music tanpa pakai hati, tidak sepenuh hati maksudnya. Itu bukan musik, itu hanya teknik. Tanpa bisa ngena di hati pendengar musiknya.” Kata Om Yunus lagi dengan serius. Apapun lagunya, pasti musik yang dimainkan akan berbeda, karena pemainnya berbeda. Dan musik yang bagus dan harmoni yang bagus penting untuk diperdengarkan bagi banyak orang, karena menurutnya, musik adalah konsumsi kuping. Konsumsi kuping harus yang baik dan membuat orang merasa nyaman, agar psikologis orang menjadi bagus. Akhirnya, itulah perbincangan Famers dengan Om Yunus. Hari semakin larut dan hujan semakin deras turun. Sekitar satu jam kemudian Famers baru dapat menyaksikan Jajan Jazz. Namun tidak berlangsung lama, baru 3 lagu dimainkan, dan hujanpun kembali turun. Maklum, Amphitheatre di Teraskota outdoor. Akhirnya, sedikit banyak, pengetahuan Famers tentang musik jadi bertambah!

Capoera

“KAMI BUKAN PENYEMBAH ALIEN” Gila, sesat dan khafir adalah makanannya hampir selama tiga tahun. Rasa penasaran yang tinggi serta kecintaannya terhadap makhluk extraterestrial membuatnya dirinya dipandang sebelah mata oleh sejumlah orang. “Awalnya buat organisasi ini tuh karena sebuah buku dan desakan orang-orang karena terlalu sering nulis hal-hal seputar UFO dan Alien,” ujar pria yang hampir menginjak usia 25 tahun Tepat pada 10 Januari 2009, pria yang mempunyai nama lengkap Muhammad Irfan ini mencoba memenuhi rasa haus masyarakat Indonesia khususnya penggemar UFO dan Alien dengan nama UFONESIA yakni UFO indoNESIA. Kehadiran UFONESIA ini tentu saja menambah sederet komunitas UFO dan Alien di Indonesia. Meskipun kemunculan UFONESIA dipandang sebelah mata namun eksistensinya cukup diancungi jempol oleh komunitas UFO lainnya. Pasalnya tidak banyak komunitas UFO bertahan cukup lama terlebih dengan pelopor yang berasal dari golongan muda dan hingga kini tercatat hanya dua organisasi UFO yang masih aktif yaitu UFONESIA dan BETA UFO. Setiap satu bulan sekali UFONESIA sering mengadakan gathering dan diskusi terbuka dengan anggotanya bahkan tidak sedikit dari luar yang mengikuti gathering setiap bulannya dan diskusi ini lebih sering berlangsung di wilayah Jabodetabek. “Aku ga perduli dengan orang-orang yang memadang ku sebelah mata. karena menurut aku ini bukan masalah percaya atau engga, liat atau engga. tapi murni masalah waktu dimana suatu saat mereka akan muncul dan memperkenalkan diri kepada ma, Januari Wisconsin ret di nusia.” ujar pria yang akrab di sapa Irfan. ot rp te ng UFO ya ber : Google um 2007. S

Capoiera adalah seni bela diri yang berasal dari Brazil, awalnya hanya dilakukan oleh para Budak tersebut. Ratusan tahun yang lalu, sekitar tahun 1800-an di Brazil belum ada pemerataan kasta, jadi budak adalah kasta terendah. Dan oleh karena itu, mereka tidak diperbolehkan mempelajari bela diri karena ditakuti akan melawan kasta di atasnya. Apa Famers tau kenapa komunitas ini disebut seni bela diri? Dan bedanya apa sama jenis bela diri yang lain? Ternyata ini dia jawabannya. Capoiera sangat menjunjung tinggi nilai seni di dalam kegiatan bela dirinya. Setiap gerakan mengandung arti, dan diiringi bunyi-bunyian dari alat musik khusus. Salah satu alat musik tersebut disebut Birimbau, yang merupakan alat musik inti dalam kegiatan Capoiera itu. Ada juga Katabaki yang merupakan gendang dan Pandero yang mirip seperti tamborin. Lain halnya dengan GoGo yang merupakan pengatur irama alat music tersebut. Secara formal, yang bisa memainkan musik adalah orang-orang yang sudah lumayan mahir ber-capoiera. Tapi secara informal, orang yang baru belajar capoiera seminggu pun sudah boleh memainkan alat musiknya. Seperti bela diri pada umumnya, capoiera juga ada tingkatan-tingkatan dalam sabuknya berdasarkan kemampuannya sudah sejauh mana. Di dalam grup Argola de Ouro ini, (nama komunitas di UMN) tingkatan awal adalah tidak menggunakan sabuk. Lalu kemudian berganti warna sesuai kemampuan.

Setelah waktu yang ditentukan anggota capoiera akan mengikuti prosesi Baptisado, yang merupakan Baptis di Capoiera. Setiap kenaikan tingkat dan Baptisado, para anggota ini harus berhadapan satu lawan satu dengan petinggi Indonesia sebanyak dua kali dan satu lagi dengan petinggi dari luar negeri. Kenaikan tingkat dalam Capoiera bukan sekedar naik tingkat, tapi ada dalam diri yang berubah. Karena Capoiera ini juga sering berfilosofi dalam lagulagu pengiringnya. Dan membuat pemikiran orang menjadi positif. Karena pikiran positif itu penting saat melakukan gerakan-gerakan di capoiera ini.

7


ASK GIRL

cowok metro seksual itu lebay sih, tp gue sering bgt jadiin mereka buat arah fashion yg bakal gue pake. karena kadang gaya mereka agak kecewe-cewean dan gue sendiri

menurut gue, dalam memperbaiki penampilan cowok metro seksual itu adalah hal yang wajar-wajar aja. Tapi kalo udah menjurus ke penyimpangan gender itu gak wajar. Gue pernah punya temen metro seksual banget, tapi

agak tomboy, jadinya “catch”. pengalaman gue, udah pernah jadian sama cowok metro seksual. ada juga temen yg cowok metro seksual dan itu lumayan banyak. gue butuh mereka untuk jadi arahan atau barometer fashion gue.

itu untuk penampilan aja demi lolos seleksi kepolisian, dan akhirnya dia berhasil lolos.

? L A U S K E S O TR E M K O W O C

Dian, 19 Mahasiswa

Nova, 19 Mahasiswa

embenahi mulai suka m ng ya ia pr ak bany butan cowok ik wanita, tapi nal dengan se il ke m di a li ny ka ha p n ra atu hal yang yang ke bersolek buka h itu bukan su ia=pria inilah pi Pr ra . n Kali ini kata ik da ar , en di m en intip jawaban gi, tr enampilan au tampil wan roseksual? Kita m et m diri serta berp ng ok ya w ia co pr g ntan memang, kaum hawa te metroseksual. pendapat para a an im ga ba , salah. tapi mereka, yuk..

cowok metro seksual itu agak geli ya. Kan seharusnya cowo itu bisa kelihatan keren tanpa harus banyak gaya atau dandan. Tapi kalo nantinya gue punya temen cowok yang metroseksual sih mau-mau aja. Soalnya kan temenan itu ga dilihat dari style atau gayanya doang.

Jessica, 19 Mahasiswa

cowok metro seksual itu keren sih ya, tapi kadang juga males sama mereka karena mereka terlalu ‘over’ dalam hal bergaya, apalagi untuk cowo. sejauh ini, gue belom pernah jadian atau dapetin cowo maupun temen yang metro seksual gitu sih. kalo pun nanti ada temen atau pacar yang metro seksual, ya gue mau-mau aja. toh apa salahnya juga kan ya punya temen yang metro seksual

Susan, 21 Karyawan

GERS THE AVeN Bagaimana bila pahlawan dari MARVEL berkumpul dalam sebuah film? Pastinya sudah dapat dibayangkan betapa luar biasa kekuatan yang akan diciptakan mereka.

Dark shadow

The Avengers berkisah tentang tujuh pahlawan super yang terdiri dari Thor (Chris Hemsworth), Iron Man (Robert Downey Jr.), Captain America (Chris Evans), Hulk (Mark Ruffalo), Hawkeye (Jeremy Renner), Black Widow (Scarlett Johansson) dan Nick Fury (Samuel L. Jackson). Ketika musuh yang tak terduga muncul, mengancam keselamatan dan keamanan dunia, Nick Fury, direktur Badan Perdamaian Internasional, dikenal sebagai S.H.I.E.L.D., membutuhkan tim untuk menyelamatkan dunia dari bencana. Ia meminta bantuan tim The Avengers untuk mencegah bencana yang mengancam dunia. Para pahlawan pun bersatu untuk melawan Setelah sekian lama, akhirnya Men in Black kembali dengan kekuatan jahat agar bumi tetap damai. misinya yang sama. Film ini masih mengusung genre action dengan sentuhan comedy dari tingkah agen J dan K.

men in b lack 3

Siapa yang tidak mengenal Jhonny Depp? Ia adalah actor yang begitu piawai dalam memerankan sebuah peran. Kali ini Jhonny Depp memainkan peran sebagai Barnabas Collin. Dikisahkan dalam film ini, keluarga Collins berlayar dari Liverpool, Inggris, menuju Amerika Utara pada tahun 1752. Putranya, Barnabas, tumbuh menjadi playboy kaya di Collinsport. Maine dan ia adalah penguasa Collinwood Manor. Barnabas yang seorang playboy membuat Angelique Bouchard, patah hati.

CINEMA

Kali ini, dalam Men in Black III, Agen J (Will Smith) dan agen K (Tommy Lee Jones) yang ditugaskan untuk memantau aktivitas ekstra-terrestrial di bumi. Hal-hal aneh terjadi ketika J tidak dapat menemukan K, ia kemudian menemukan temannya telah mati selama lebih dari 40 tahun. Dalam upaya untuk menyelamatkan kehidupan agen muda K (Josh Brolin), Agen J melakukan perjalanan kembali ke tahun 1969 untuk menghentikan pembunuhan. .

Sialnya, ternyata Angelique adalah seorang penyihir yang kemudian mengubahnya menjadi vampir dan menguburnya hidup-hidup.

8


FAME