Page 1

20 HALAMAN/Rp4.000,-

15 APRIL 2018

FOTO AFP

SERANG SURIAH: Sebuah misil meluncur ke wilayah Damaskus, Suriah. Misil ini diklaim AS dan sekutunya Inggris serta Prancis diklaim sukses menghancurkan stok senjata kimia Suriah.

Rusia Tuding Trumph Seperti Hitler 76 Misil Gempur Suriah Pasca Serangan, Bashar al-Assad Tetap Ngantor

DAMASKUS – Misi tercapai. Begitu klaim Presiden Amerika Serikat Donald Trump lewat akun Twitter pribadinya kemarin pagi WIB (14/4). Beberapa jam setelah militer AS melontarkan puluhan misil Tomahawk ke Suriah. AS dibantu dua sekutunya, Inggris dan Prancis.

Serangan tersebut bertujuan menghancurkan stok senjata kimia Suriah. Sebagai respons atas serangan senjata kimia oleh rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad di Douma, Eastern Ghouta, pada 7 April lalu yang menewaskan sekitar 70 warga sipil. Baca RUSIA Hal. 4

Menelisik Serangan AS, Inggris, dan Prancis ke Suriah

SENJATASENJATA SEKUTU DI SURIAH

KOBARKAN PERANG YANG NYARIS PADAM kepanjangan tangan Iran. Suriah juga diyakini tidak akan menghentikan aksi kejinya begitu saja meski sudah dibombardir AS dan sekutunya. ”Serangan itu tidak akan mencegah Assad untuk terus membantai penduduknya yang melawan dengan menggunakan senjata konvensional,” ujar analis di Institute for the Study of War Jennifer Cafarella seperti dilansir CNN. Selama Assad masih ada, serangan senjata kimia sangat mungkin bisa dilakukan lagi. Sejarah mencatat, Suriah melakukan serangan senjata kimia April tahun lalu di Khan Sheikoun. Ketika itu AS menjatuhkan misil serta bom sebagai pembalasan. Hasilnya, serangan senjata kimia tetap terulang.

AS akan keluar dari Suriah secepatnya. Kalimat itu dilontarkan Presiden AS Donald Trump 29 Maret lalu di Ohio. Selang 15 hari kemudian alias Jumat (13/4), Trump berubah pikiran. Bersama dengan Inggris dan Prancis, presiden ke-45 AS itu mengerahkan pasukannya untuk menyerang Suriah.

NEGARA-NEGARA sekutu itu menggunakan alasan polisional untuk melegitimasi serangan mereka. Yakni, bentuk balasan atas penggunaan senjata kimia oleh rezim Bashar Al Assad di Douma, Eastern Ghouta, 7 April. Nah, serangan yang terjadi pada Jumat (13/4) itu diperkirakan akan berbuntut panjang. Perang yang mulai mereda akan kembali berkobar. Sekutu-sekutu Suriah seperti Iran dan Rusia tidak akan tinggal diam. Begitu pula Hizbullah dari Lebanon yang merupakan

Misil penjelajah Tomahawk: Tidak ada pernyataan bahwa Tomahawk digunakan. Tapi, biasanya senjata tersebut selalu dipakai dalam serangan udara. Sebanyak 58 Tomahawk menghantam Suriah dalam serangan udara April 2017 lalu. Tomahawk mampu membawa hulu ledak seberat 450 kilogram.

Baca KOBARKAN Hal. 4 LULUH LANTAK: Seorang petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api di sebuah pusat penelitian yang hancur di Damskus, kemarin.

Bersambung ke Hal. 4

FOTO OMAR SANADIKI/REUTERS

PERKIRAAN IMBAS SERANGAN AS KE SURIAH

Hubungan AS dan Rusia bakal kian memanas. Rusia merupakan sekutu Presiden Suriah Bashar al Assad. Negeri Beruang Merah itu meyakini bahwa serangan senjata kimia di Douma hanya tuduhan rekaan dan tidak pernah terjadi.

Turki sambut baik serangan AS dan sekutunya. Turki memang dekat dengan Rusia, tetapi sejak awal Istanbul menentang Assad. Turki juga tengah melancarkan serangan ke kelompok Kurdi di Suriah.

Iran diperkirakan berebut kuasa atas Suriah dengan Rusia dan AS jika rezim Assad sampai jatuh. Serangan udara itu bisa memberikan kesempatan pada ISIS untuk kembali bercokol.

Lampung ini meregang nyawa di kediaman orang tuanya di Bumiratu Nuban, Lampung Tengah, Sabtu (14/4) sekitar pukul 02.00 WIB. Warga Rowobasuki, Kecamatan Rumbia, Lampung Tengah ini adalah tokoh sentral di komplotan Wagino Cs.

BANDARLAMPUNG – Direktur Eksekutif Rakata Institut Eko Kuswanto akhirnya buka suara mengenai kontroversi yang beberapa hari terakhir berkembang terkait hasil survei pihaknya. Eko menegaskan pihaknya tetap pron fesional saat menggelar survei. Diketahui, banyak pihak mencibir hasil survei yang dirilis di Wiseman Coffee House Bandarlampung, Kamis (12/4). Survei ini menempatkan pasangan calon (Paslon) Gubernur Lampung Arinal DjunaidiChusnunia sebagai pasangan dengan elektabilitas tertinggi yaitu, 24,6 persen. Eko Kuswanto menyatakan bahwa Arinal-Nunik (sapaan Chusnunia, Red) akan mendapatkan final ideal dengan paslon Herman H.N.-Sutono.

Baca 9 TAHUN Hal. 4

Baca RAKATA Hal. 4

FOTO RIZKY PANCHANOV/RADAR LAMPUNG

INILAH satu jenis tafsir Alquran yang baru terbit. Dikhususkan untuk kalangan sarjana. Atau intelektual muslim. Rasanya baru kali ini ada terjemahan Alquran yang seperti ini: bentuk, tebal dan ukurannya seperti buku biasa. Atau seperti novel. Tidak terlihat seperti kitab suci: Quran atau pun Bibel.

Baca TAFSIR Hal. 4

http://www.radarlampung.co.id

Sumber: CNN, ABC News

Rakata: Survei Sesuai SOP

OLEH: Dahlan Iskan

Tafsir Baru Usep

Perang yang lebih besar bisa berkobar. Kemungkinan untuk duduk satu meja menyelesaikan perang Suriah secara politik kian kecil.

EKSPOSE: Wadirkrimum Polda Lampung AKBP Adrian Indra Nurinta membeber penangkapan Ujang Kasto (53) hingga tewas tertembak di RS Bhayangkara, Bandarlampung, kemarin.

9 Tahun Buron, Gembong Rampok Ditembak Mati Anggota Komplotan Terakhir Wagino BANDARLAMPUNG – Drama pelarian Kasto Riyono (53) alias Ujang Kasto sejak sembilan tahun terakhir akhirnya berakhir di ujung timah panas petugas Tim Subdit III Jatanras, Ditkrimum Polda Lampung. Buronan paling dicari jajaran Polda

Berlangganan Cukup SMS ke 0811790544


POLITIKA 2

MINGGU, 15 APRIL 2018

Putuskan Ikut Pileg, Naufal Caya Jadi Bacaleg Termuda di PAN Lampung BANDARLAMPUNG – Pesta demokrasi tahun 2019 tidak lama lagi, gema tahun politik pun sudah terasa mulai terasa di 2018 ini. Mulai dari pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018 hingga pemilihan legislatif (Pileg) yang berlangsung serentak dengan pemilihan presiden (Pilpres) pada 17 April 2019 mendatang. Momentum pesta demokrasi ini hendaknya menjadi ajang bagi kalangan pemuda untuk menunjukkan kemampuannya memperjuangkan aspirasi rakyat dengan menjadi anggota legislatif, baik itu di tingkat pusat atau pun kabupaten/kota. Ahmad Naufal A. Caya atau yang akrab disapa Naufal Caya adalah salah satu pemuda Lampung yang memutuskan ikut dalam ajang Pileg 2019 mendatang melalui Partai Amanat Nasional (PAN) untuk daerah pemilihan Kota Bandarlampung III meliputi Kecamatan Kedaton, Labuhanratu, dan Wayhalim. Masuknya nama Naufal Caya sebagai bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) mencatat putra kelahiran Bandarlampung 17 Maret 21 tahun lalu ini sebagai bacaleg termuda di PAN Lampung. Naufal menjalani masa kecil, tumbuh dan berkembang bersama lingkungan masyarakat yang agamis. Ia menamatkan pendidikan dasar hingga SMA di Bandar Lampung, yaitu di SD Al Azhar 1, SMP Negeri 8, dan SMA Al Azhar 3. Berbekal prestasi sekolah yang ditunjang kemampuan berkomunikasi dan jurnalistik yang sangat baik, cucu dari Tokoh Adat Sumatera Selatan dan Pendidikan, Tjik Ayub Asumat, ini kemudian melanjutkan pengembaraan stu-

dinya ke Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Lampung (Unila). Dalam menapaki perjalanan hidupnya, Naufal kerap aktif di berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan. Mulai dari organisasi kemahasiswaan, kepemudaan, keagamaan, hingga organisasi politik. Selain akrab dengan dunia aktivis mahasiswa Naufal pernah menjadi wartawan di Radar Lampung. Pengalamannya itu membawanya menerima amanah sebagai wakil sekretaris dewan pengurus wilayah (DPW) PAN Lampung di bawah kepemimpinan Zainudin Hasan. Ia juga menjadi pelaksana tugas ketua barisan muda penegak amanat nasional (BM PAN) Mesuji dan pembina daerah (Panda) DPD PAN Kota Bandar Lampung di usia belia. Sebagai generasi muda yang potensial, Naufal berniatkerja keras dan kecerdasannya diwujudkan menjadi karya sosial yang tak ternilai serta bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat. ”Pemuda harus bermanfaat bagi masyarakat, kita berbuat semaksimal mungkin untuk masyarakat,” jelasnya. Menurutnya, Pileg harus menjadi ajang adu visi dan adu gagasan. Pileg sebagai ajang edukasi politik bagi masyarakat dan memberikan pengertian tentang tupoksi anggota legislatif dalam mewakili konstituennya. Mengenai pilihan politiknya bergabung di PAN, Naufal mengaku partai yang berasaskan Akhlak Politik Berlandaskan Agama yang Membawa Rahmat bagi Sekalian Alam ini sesuai dengan prinsip hidup yang ia jalani. (rls/dna)

PENDAFTARAN BACALEG Ahmad Naufal A. Caya saat pendaftaran Bacaleg PAN Kota Bandarlampung FOTO : NAUFAL FOR RADAR LAMPUNG

Polres Mapping Zona Merah Pilgub

GEDONGTATAAN Kepolisian Resor (Polres) Pesawaran sudah memetakan wilayah-wilayah di kabupaten tersebut yang dikhawatirkan terjadi gesekan selama tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung 27 Juni 2018. Salah satu langkah konkret mengantisipasi gesekan, Polres Pesawaran menggelar focus grup discusion dengan para pemegang kebijakan di aula kantor pemerintah kabupaten (pemkab). “Kami sudah melakukan mapping terhadap wilayahwilayah yang dimungkinkan terjadi gesekan dari fanatisme pendukung dari para pasangan calon dan sudah kami antisipasi. Dan kami sudah mempersiapkan dari setiap tahapan pikada agar aman

dan sukses. Salah satunya FGD dalam rangka menjaga stabilitas kamtibmas untuk Pilkada Lampung,” ungkap Kapolres Pesawaran AKBP Syaiful Wahyudi. FGD mengusung tema Menjaga Stabilitas Kamtibmas untuk Pilkada Lampung 2018 dihadiri para tokoh, baik tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan seluruh komponen. Kegiatan dimaksudkan sebagai pendingin buat situasi pilgub yang saat ini sudah mulai hangat. Karenam mesin partai politik (parpol) sudah mulai penetrasi ke warga untuk menarik simpati. “Nah dari dukungan tokoh dan semua komponen diharapkan dapat memberikan kesejukan dan kedamanian dalam menjaga situasi. Walau-

pun ada perbedaan dalam pilihan, namun tetap dalam kerangka demokrasi,” ucapnya. Dari 11 kecamatan di Pesawaran, mana saja yang masuk zona merah pilgub? Dia mengakui, secara umum wilayah yang patut diwaspadai yakni basis-basis fanatisme pendukung masing-masing pasangan calon. “Secara keseluruhan tidak ada kecamatan yang secara spesifik dikategorikan zona merah pilkada,” ujarnya. Kondisi geografis Pesawaran yang memiliki kepulauan dan wilayah pegunungan menjadi konsentrasi pihaknya untuk melakukan pengawalan terhadap pendistribusian logistik pilgub. “Karena ada beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS)

yang ada di pulau maupun pegunungan. Dan kami nanti antisipasi agar pendistribusian logistik berjalan lancar dan sampai di TPS tepat waktu,” ujarnya Sementara, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lampung Khairudin Tahmid menambahkan bahwa peran tokoh agama perlu untuk meredam isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA). Serta mengeluarkan pernyataan menyejukkan dan mengingatkan masyarakat agar lebih rasional dalam memilih berdasar rekam jejak baik dan tidak korupsi. “Ttidak menyalahgunakan kekusaaan, mencintai masyarakat, dan komitmen dalam menyejahterakan masyarakat,” ucapnya. Untuk itu, agar pelaksa-

naan pilgub berjalan aman dan sukses, MUI mengeluarkan imbauan yang tertuang dalam maklumat nomor 036/ MUI-LPG/H/III/2018 tentang Pilkada Serentak 2018 Provinsi Lampung. Seruan yang ditujukan kepada masyarakat, khususnya umat Islam di Lampung, yakni menjaga keutuhan NKRI dengan memelihara kebhinekaan, ketertiban, kebersamaan dan toleransi. Serta menggunakan hak pilih secara bertanggungjawab agar pemimpin dan pemerintahan yang baik dapat terwujud; serta ikut serta mengawasi proses pelaksanaan pilkada guna mencegah terjadinya kecurangan, ketidakadilan dan gangguan keamanan. (ozi/c1/dna)

Panwaslu Kumpulkan Data Dugaan Pelanggaran Kampanye METRO – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Metro mengumpulkan data pelengkap terkait dugaan adanya pelanggaran kampanye yang dilakukan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) setempat pada kegiatan flash mob PKS Muda

beberapa waktu lalu. Ketua Panwaslu Metro Mujib mengatakan, kegiatan tersebut mengarah adanya pelanggaran. Salah satunya, tempat yang digunakan untuk titik kumpul yakni di halaman Masjid Taqwa.

”Kami tengah kumpulkan data untuk mengumpulkan bukti adanya dugaan pelanggaran tersebut. Kami kumpulkan materi-materi pelengkap dahulu. Nah, salah satunya titik kumpul atau start di halaman masjid. Itu kan jelas dilarang. Dalam

waktu dekat juga, kami akan panggil PKS,” katanya. Pihaknya mengimbau kepada tim pemenangan pasangan calon (paslon) gubernur-wakil gubernur Lampung untuk tetap menaati aturan yang berlaku dan etika berkam-

panye. “Jangan sampai, ada kegiatan yang malah merugikan paslon yang didukung. Ikuti aturan dan etika dalam berkampanye,” imbuhnya. Terpisah, Ketua DPD PKS Metro Ahmad Khuseini menjelaskan, tak ada pelang-

garan dalam kegiatan flash mob PKS Muda tersebut. Sebab, ia mengakui jika pihaknya telah memasukkan surat ke panwaslu dan Polres. ”Nggak ada pelanggaran, kami sudah masukkan surat ke panwas juga polres, sudah

kami konfirmasi juga. Kami memang menggelar kegiatan dekat masjid, tapi di perempatan Masjid Taqwa. Titik kumpul memang di Masjid Taqwa karena kami menggelar salat asar terlebih dahulu,” tukasnya. (rur/c1/dna)


PHOTO STORY 3

MINGGU, 15 APRIL 2018

FOTO DAN NASKAH ALAM ISLAM

Sandal Dari Mereka LEMBARAN demi lembaran bahan baku digunting mengikuti pola cetakan. Lalu, dikumpulkan sepasang. Bahan tersebut berpindah ke tangan lain. Giliran tali dimasukkan ke lubang yang sudah dibuat. Jadilah sepasang sandal. Siap digunakan sebagai alas kaki yang cukup nyaman. Sandal-sandal itu merupakan hasil karya pasien penderita gangguan jiwa di Rumah Sakit Jiwa Lampung. Mereka sudah cukup pulih dan siap untuk kembali kepada keluarga. Para pasien sengaja dilibatkan dalam kegiatan tersebut. Tujuannya, memberikan kesibukan dan berinteraksi dengan orang lain. Tidak banyak pembicaraan dalam pembuatan sandal yang berlangsung di sebuah ruangan itu. Hanya sesekali suara perawat terdengar memberikan arahan. Selebihnya, diam sambil tangan terus bergerak. Semoga ada yang bersedia menampung. Sandal dari mereka. (*)


BERITA UTAMA

4 Tafsir...

Sambungan dari Hal. 1

Kalau saya tidak membaca judulnya saya tidak tahu: bahwa ini Alquran dan terjemahannya. Bahkan lihatlah sampulnya. Kertas biasa. Bukan kertas tebal seperti biasanya. Dan … tidak ada satu pun huruf Arab di sampulnya. Mengapa dibuat seperti itu? Saya pun penasaran. Saya cari nomor telepon penyusunnya. Maka saya pun langsung bertanya ke penyusun tafsir tersebut: Usep Fathuddin. Yang dikenal dekat dengan tokoh pembaharu seperti Nurcholish Madjid. Dan memang segenerasi. Kang Usep terlihat sangat prihatin. ”Umumnya para cendekiawan, ICMI atau bukan ICMI, tidak suka membaca Quran, termasuk terjemahannya,” katanya. ”Terjemahan yang ada selama ini hampir selalu menggunakan huruf yang kecil dengan lebar terjemahan 1/3 halaman atau kurang,” tambahnya. Karena itu Kang Usep membuat edisi yang berbeda. Terjemahannya tidak ditulis di bawah atau di samping ayat asli. Terjemahannya dikelompokkan jadi satu. Jadi, kalau membuka buku ini dari kiri, tidak ada huruf Arabnya. Sejak halaman satu sampai seterusnya isinya penuh dalam bahasa Indonesia. Baru kalau kita buka buku ini dari kanan isinya Al Quran dalam bahasa aslinya. Dengan demikian pembaca bisa membaca tafsir dari awal sampai selesai. Tanpa perlu melihat huruf aslinya. Bahkan Kang Usep memberi judul. Untuk setiap tiga atau empat ayat. Yang isinya berada dalam satu tema. ”Setahu saya cara ini belum ditemukan pada terjemahan lain,” kata Kang Usep. Agar ketebalan kitab ini bisa mirip buku biasa Kang Usep membaginya dalam dua jilid. Masing-masing 15 juz. Dengan demikian bentuk, ukuran maupun tebalnya mirip buku biasa. Kalau ada orang membawa buku ini tidak akan terlihat sedang membawa kitab suci. Saya sudah membacanya beberapa juz. Termasuk terjemahan surah Al Maidah ayat 51. Saya tidak melihat adanya penerjemahan beda. Standar terjemahan yang sudah kita kenal. Lalu mana yang dimaksudkan khusus untuk cendekiawan itu? Terjemahan Alquran versi Kang Usep ini sangat standar. Tidak ada pemikiran baru. Tidak ada tafsir yang berbeda. Termasuk untuk Al Maidah 51. Ini berbeda kalau saya melihat tafsir lain. Misalnya tafsir Quran berbahasa Jawa: Al Ibriz. Terbitan 1938. Oleh KH Bisri Mustofa. Ayah KH Mustofa Bisri dari Rembang itu. Lihat kata ’persasat’ di tafsir Al Maidah ayat 51 di Al Ibriz itu. Kata ’persasat’ memang sulit diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Bahasa Arab sangat kaya akan makna. Seperti juga bahasa Mandarin.  Tafsir bahasa Jawa pasti bisa lebih pas dalam mengimbangi kekayaan bahasa Arab. Lihat juga kata dalam bahasa Jawa ‘asih asihan’ di tafsir ayat itu. Sama sekali tidak berbau pilih-memilih pemimpin. Mungkin di tahun 1938 ketika tafsir Al Ibriz diterbitkan memang belum ada istilah ini: pilkada. Saya juga pernah membaca tafsir Alquran versi Iran. Yang saya beli saat saya ke Iran dulu. Artinya: versi Syi’ah. Saya bisa menangkap nuansa yang berbeda dalam pemaknaan istilah. Sayang tafsir itu dipinjam orang. Dan saya lupa: siapa yang meminjam. Sudah begitu lama. Namun tafsir Kang Usep yang khusus diperuntukkan cendekiawan ini benar-benar sangat standar. Lantas di mana letak kecendekiawanan tafsir ini? Kang Usep ternyata punya maksud khusus dengan buku tafsirnya ini. Yaitu agar lebih banyak cendekiawan muslim yang memahami Quran. Sebab, tulisnya di kata pengantar, Alquran adalah salah satu kitab suci yang paling tidak dipahami oleh umatnya. Meski begitu banyak yang membacanya. Bahkan menghafalnya. Tujuan Kang Usep adalah: memudahkan orang membawanya. Dan membaca terjemahannya. Ya sudah. Alhamdulillah. (dis)

Rakata...

MINGGU, 15 APRIL 2018

Jawa Pos Group

Sambungan dari Hal. 1

Di mana, Herman-Sutono berada di posisi kedua dengan elektabilitas 23,7 persen. Lalu M. Ridho FicardoBachtiar Basri (19,5 persen) dan Mustafa-Ahmad Jajuli (8,2 persen). Eko menegaskan, hasil pemilihan pada 27 Juni nanti akan sama dengan hasil survei yang dilakukan Rakata. Eko juga mengaku tidak khawatir kredibilitas Rakata akan luntur. ”Insha Allah sesuai prediksi seperti selama 10 tahun ini kita selalu mengawal setiap pilkada, pileg, pilpres,” sebut Eko melalui pesan WhatsApp-nya, kemarin. Dia meyakini, kerja Rakata beberapa bulan lalu maupun tahun-tahun sebelumnya hingga kemarin tetap menggunakan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sama. Menurut Eko, dinamika memang selalu muncul pada sebagian pihak yang merasa kandidatnya tak diunggulkan dalam hasil survei Rakata. ”Kami menanggapi pro kontra ini secara biasa seperti sepuluh tahun ini selalu terjadi menjelang hari H. Hasilnya semua akan dibuktikan pada hari H. Kita pun akan mengawalnya,” paparnya. Eko mengaku, pihaknya juga sudah terbiasa dengan respons para pendukung paslon yang lain. ”Saat jagoannya unggul ya happy, saat jagoannya tidak diunggulkan ya panik dan sebagainya. Tapi kan, Rakata tidak bisa jadi pemuas bagi semua pihak. Ada baiknya hasil ini menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki kinerja agar hasil akhirnya bisa berubah,” pesannya. Kemudian, lanjut Eko, yang perlu dicatat bahwa Rakata selalu mengawal semua proses demokrasi baik di Lampung maupun luar Lampung. Pada 2018 ini sebanyak enam pilkada akan kita kawal mulai Pilgub Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Lampung. Termasuk Pemilihan Bupati Tanggamus dan Lampung Utara. Keyakinan ini, menurut Eko seusai dengan hasil survei yang dikeluarkan sebelumnya. ”Kami yakin dengan data kami seperti sebelumnya meski perubahan suara akan terus berlangsung hingga hari H. Kita akan terus update dan umumkan ke publik melalui mitra media yang ada,” tambah dia. Eko juga mengakui, kinerja Rakata dalam setiap survei selama ini dibiayai dari berbagai sumber dana. Di antaranya dari berbagai pendapatan yang diperoleh Rakata. Mulai dari kas internal Rakata dan donatur yang tidak mengikat. ”Ada juga masukan dana usaha kreatif Rakata termasuk membuat aplikasi berbayar untuk quality control. Itulah dasarnya dana untuk kami survei,” tandasnya. Diketahui, rilis survei Rakata kemarin juga menyisakan masalah. Hal ini dipicu oleh sikap lembaga survei Rakata yang hanya mengundang 7 media termasuk Radar Lampung. Media lain yang tak diundang menilai hal tersebut sebagai bentuk pembatasan kerja pers. (rma/fik)

Sambungan dari Hal. 1

Rusia...

Berdasarkan paparan Direktur Staf Gabungan Pentagon Letjen Kenneth McKenzie, sebanyak 76 misil menghantam Scientific Studies and Research Centre di Distrik Barzeh, Damaskus. Sebanyak 57 di antaranya adalah Tomahawks. Target berhasil dihancurkan. Di gudang senjata kimia Himshun Sar, dekat Homs, dihujani dengan 22 senjata dari AS, Inggris dan Prancis. ”Selain itu ada 7 misil Scout yang sukses menghancurkan fasilitas bunker dan Pos Komando Himshun Sar,” kata McKenzie. Skala serangan kali ini dua kali lebih besar dibanding serangan serupa April tahun lalu. Saat itu AS membalas serangan senjata kimia di Khan Sheikoun dengan mengirimkan 59 misil. Saat itu, senjata kimia yang dijatuhkan oleh pasukan Suriah telah menewaskan 80-an orang. McKenzie menegaskan, tidak ada satupun pesawat maupun misil yang berhasil dihalau oleh sistem pertahanan Suriah. Dengan kata lain, serangan itu sukses besar. Pernyataan itu untuk menjawab klaim Rusia bahwa Suriah telah berhasil menghalau sebagian besar misil AS dan sekutunya. ”Untuk saat ini kami belum tahu apakah ada koban jiwa dari penduduk sipil,’’ terangnya. AS sebelumnya menegaskan bahwa serangan dilakukan sepresisi mungkin agar tak ada warga sipil yang sampai menjadi korban. Dikabarkan bahwa tiga orang luka-luka akibat serangan di gudang senjata Himshun Sar. Reuters melaporkan serangan juga terjadi di pangkalan udara al-Shirai di al-Dimas, Damaskus. Misil juga mendarat di Masyaf, gudang senjata di timur wilayah Qalamoun dan Kisweh. Juru Bicara Pentagon Dana White menegaskan, Rusia memang berusaha membalik opini publik terkait serangan tersebut. Baik itu secara langsung maupun di dunia maya. ”Ada kenaikan troll (pasukan cyber) Rusia sekitar 2 ribu persen selama 24 jam terakhir,’’ tegas White. Rusia yang merupakan sekutu Suriah langsung berang dengan serangan tersebut. Wakil Ketua Komite Pertahanan Duma Alexander Sherin menyebut Trump sebagai Adolf Hitler (mantan pemimpin Nazi Jerman, Red) yang kedua. Sedangkan Presiden Rusia Vladimir Putin mengeluarkan pernyataan bahwa dia sangat mengecam tindakan AS, Inggris dan Prancis itu. Dia berjanji akan melakukan pembalasan seandainya ada pasukan Rusia yang terkena. Adapun Presiden Suriah Bashar al-Assad menanggapi dengan santai serangan AS dan

SENJATA-SENJATA SEKUTU DI SURIAH JET TEMPUR TORNADO GR4 MILIK INGGRIS Jet ini dilengkapi dengan rudal jelajah Storm Shadow dengan hulu ledak seberat 400 kilogram dan mampu mencapai sasaran sejauh 400 kilometer. Jet tersebut diterbangkan dari Pangkalan Udara (RAF) Akrotiri, Cyprus, dan bertugas menghancurkan penyimpanan senjata kimia di Homs. JET TEMPUR RAFALE MILIK PRANCIS Jet ini diterbangkan dari pangkalan udara di Prancis dan bisa membawa rudal jelajak Storm Shadow. PESAWAT PENGEBOM B-1 MILIK AS Pesawat ini bisa menembakkan misil jelajah JASSM yang memiliki hulu ledak seberat 450 kilogram dengan jarak sasaran lebih dari 370 kilometer. Pesawat jenis itu terlihat kali terakhir di pangkalan udara AS di Al Udeid, Qatar. KAPAL INDUK AS menyatakan setidaknya 2 kapal perang di Laut Merah ikut diterjunkan. Kapal penghancur kelas Arleigh Burke dan kapal penjelajah kelas Ticonderoga bisa membawa puluhan misil penjelajah Tomahawk. KAPAL FRIGATE PRANCIS Tiga kapal frigate multimisi dan satu frigate standar digunakan untuk menembakkan misil jelajah ke Suriah. Kapal frigate multimisi dipersenjatai dengan misil jelajah missile de croisière naval (MdCN). Di tiap-tiap kapal ada 16 peluncur misil. Tak diketahui jarak jelajahnya, tapi diperkirakan mampu mencapai 1.000 kilometer. Sumber: CNN

dua sekutunya itu. Kemarin pagi dia tetap masuk kantor seperti biasa. Tepat pukul 09.00. Juga, mengunggah video mengenai aktivitasnya kemarin pagi. ”Agresi ini hanya akan meningkatkan kebulatan tekad Suriah dan rakyatnya untuk terus memerangi dan menghancurkan terorisme di setiap jengkal wilayah di negara ini,’’ kata Al-Assad dalam sambutan resminya.

Sambungan dari Hal. 1

Kobarkan... Banyaknya pihak yang terlibat juga bakal membuat perang Suriah sulit terhenti. Yang terjadi di negara tersebut bukan hanya perang sipil antara oposisi bersenjata melawan rezim Assad. Ada ”perang-perang” lainnya di dalamnya. Mulai perang proxy antara Rusia dan AS, pertempuran Hizbullah dan Israel, militan ISIS dan AS-Rusia, dukungan uang dan persenjataan Iran ke Suriah untuk memukul mundur oposisi bersenjata, serta Turki yang memerangi milisi Kurdi. Semua campur tangan itu membuat situasi kian keruh. Saudi ikut turun tangan secara tidak langsung dengan cara mendanai oposisi bersenjata di Suriah. Negara-negara Eropa juga ikut terlibat dan mendukung AS. Perang Suriah selama tujuh tahun itu juga membuat Eropa kelimpungan. Sebab, pengungsi Suriah berduyun-duyun ke Benua Biru untuk mencari perlindungan. AS yang getol menyerang Suriah malah justru menutup pintu untuk para pengungsi tersebut. Belum diketahui apakah setelah serangan kali ini AS akan mengubah kebijakannya terkait pengungsi. Christopher Phillips, penulis buku The Battle

9 Tahun...

Dia memegang posisi sebagai wakil Wagino. Ujang Kasto diduga terlibat dalam kematian dua personil Polda Lampung, yaitu Kapolsek Blambanganumpu AKP (Anumerta) Wiyono pada 2008 silam dan Kapospol Adiluwih Polsek Sukoharjo, Polres Tanggamus Aiptu (anumerta) M. Rizali Siregar pada 2009. Selama ini, Ujang Kasto dikenal sebagai spesialis pencurian dengan kekerasan (Curas) dongkel rumah. Setidaknya, dia diduga terlibat dalam sembilan kasus. Di antaranya di daerah Bedeng 29 wilayah Polres Metro. Kala itu dia beraksi bersama komplotannya Tole, Ujang dkk. Lalu merampok bos beras di Kecamatan Punggur, Kabupaten Lamteng pada 2015 bersama Tole, Gareng dkk. Kemudian aksi pencurian sapi di Kecamatan Rumbia pada 2006 bersama Jono dkk. Selain itu, ada dua TKP di Kecamatan Metrokibang, Kabupaten Lampung Timur untuk perkara curas bobol rumah. Selanjutnya di  Purwosari, Metro Utara, Kota Metro dengan korban meninggal ditembak pada 2016. Kemudian di Kecamatan Blambanganumpu Waykanan pada 2008. Saat itu lah, Kapolsek Blambanganumpu AKP (Anumerta) Wiyono tewas. Perwira ini diberondong peluru saat mencegat komplotan itu di Lampung Utara. TKP berikutnya di Simpangpematang, Kabupaten Mesuji. Ujang Kasto juga diduga kuat terlibat pada kasus pencurian sarang walet di Bratasena, Kabupaten Tulangwawang. Terakhir, aksi rampok didekat kediaman Kapospol Adiluwih Polsek Sukoharjo, Aiptu (Anumerta) Rizali Siregar pada 2009. Siregar tewas diberondong peluru saat hendak menghentikan aksi perampokan itu. ”Jadi Ujang Kasno berhasil diamankan setelah tim Tekkab 308 Polda Lampung mendapat informasi dia tengah bersembunyi di kediaman orang tuanya di daerah Lampung Tengah,” ujar Adrian saat ekspose kasus di RS Bhayangkara. Mendapat informasi tersebut, tim langsung bergerak mengepung lokasi pada Sabtu (14/4) sekitar pukul 02.00 WIB. Namun rupanya ke-

Putin menyerukan agar segera digelar pertemuan di DK PBB. Pertemuan masih berlangsung di markas besar PBB di New York sampai berita ini selesai ditulis. Sebelum Pentagon memberikan pernyataan, Rusia sudah melakukan konferensi pers lebih dulu. Negeri Beruang Merah itu juga mengklaim bahwa serangan AS tak sepenuhnya sukses. Sebanyak 71 misil berhasil dihalau oleh pasukan pertahanan udara Suriah. Dilansir Al Jazeera, Suriah menggunakan sistem pertahanan misil S-125, S-200, 2K12 Kub dan Buk untuk menghancurkan Tomahawk milik AS dan sekutunya. ”Rusia telah memulihkan sistem pertahanan udara Suriah sepenuhnya dan kami terus meningkatkanya selama enam bulan ini,’’ ujar Kolonel Jendral Sergei Rudskoi dalam konferensi pers kemarin. Rusia mengakui bahwa sebagian lokasi yang diserang oleh AS, Inggris dan Prancis itu hancur. Foto-foto bangunan yang luluh lantak berseliweran di dunia maya. Mereka mengancam akan mengirimkan sistem pertahanan anti misil S-300 ke Suriah jika situasi tetap tak terkendali. Sementara itu kantor berita Sana di Suriah menyebut tindakan AS adalah pelanggaran terhadap hukum internasional. Suriah yakin bahwa agresi yang dilakukan oleh negara-negara barat akan gagal. ”Serangan ini menjadi ancaman atas perdamaian dan keamanan internasional secara keseluruhan,’’ bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri Suriah seperti dikutip oleh Syrian Arab News Agency. Sekutu Suriah lainnya yaitu Iran juga melontarkan hal serupa. Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengecam serangan itu. Dia menyebut AS tak akan mendapatkan apa-apa, sama seperti saat mereka menyerang Iraq dulu. Di lain pihak, dukungan untuk serangan itu datang dari sekutu-sekutu AS. Turki dan Jerman memastikan diri berada di pihak AS. Kanselir Jerman Angela Merkel menyebut bahwa semua bukti-bukti penggunaan senjata kimia mengarah ke rezim Assad. Merkel juga mengkritik keputusan Suriah yang memblokade penyelidikan independen yang akan dilakukan DK PBB. Dalam pidatonya, Perdana Menteri (PM) Inggris Theresa May menegaskan bahwa ini bukan soal ingin ganti rezim atau semacamnya. Serangan ini hanya untuk menegaskan bahwa mereka menentang penggunaan senjata kimia. (jpg/fik)

for Suriah: International Rivalry in the New Middle East, mengungkapkan bahwa publik bisa belajar dari literatur tentang perang sipil. Hampir semuanya menunjukkan bahwa semakin banyak kekuatan asing yang terlibat, kian sulit perang berakhir. ”Karena sebagian besar kekuatan asing itu tidak mau berhenti sampai mereka kehabisan tenaga atau klaim dan keinginan mereka terpenuhi,” terang Phillips seperti yang tertuang di majalah The Atlantic. AS awalnya terlibat dalam perang Suriah karena ingin memberantas ISIS. Tapi, seiring waktu berjalan, tujuan Negeri Paman Sam juga meluas. Mulai mencegah perluasan pengaruh Iran hingga menghukum penggunaan senjata kimia seperti sekarang. Bagi AS, kali ini juga menjadi ajang perang tak langsung dengan musuh bebuyutan mereka selama ini, Rusia. Menurut Phillips, ketidakkonsistenan itu membuat mayoritas kebijakan AS di Suriah gagal. ”Kalau toh perang berakhir, Suriah tidak akan stabil untuk jangka waktu yang cukup lama,” tegasnya. Jika perang kembali berkobar, korban jiwa yang berjatuhan akan kian banyak. Padahal, dengan menyerahnya oposisi bersenjata di Douma, Eastern Ghouta, banyak pihak berharap

perang yang merenggut lebih dari 400 ribu nyawa itu bisa berakhir di meja perundingan. Ketakutan akan banyaknya korban yang bertumbangan setelah ini dirasakan benar oleh warga Suriah yang tinggal di AS. Banyak keluarga mereka yang masih terjebak di Suriah. Salah satunya Huda Shanawani yang tinggal di Millburn, New Jersey. Dia menangis saat mendengar AS melontarkan misil ke negara asalnya itu. Shanawani langsung menghubungi keluarganya yang masih berada di Damaskus, baik via telepon maupun media sosial, tapi usahanya sia-sia. Dia merasa marah dan frustrasi. ”Saya tidak ingin melihat Damaskus berubah menjadi Baghdad,” ujar perempuan yang datang ke AS pada 1969 itu. Ketua Syrian American Forum Ghias Moussa mengungkapkan hal senada. Dia ingin intervensi AS di Suriah dihentikan. Dia dulu memilih Trump sebagai presiden karena suami Melania itu menolak intervensi militer AS di Suriah. Saat kampanye, Trump juga menggagas zona aman untuk para pengungsi. ”Kami tidak yakin bahwa membunuh lebih banyak orang tak berdosa di Suriah dengan mengebom mereka akan memperbaiki apa yang sudah terjadi,” terangnya seperti dilansir USA Today. (jpg/fik)

Sambungan dari Hal. 1 datangan polisi diketahui oleh Ujang Kasto. Dengan memanfaatkan kondisi sekitar kediaman orang tuanya yang gelap, Ujang Kasto berhasil merampas senjata laras panjang milik salah seorang anggota. Dia sempat terlibat pergulatan, sehingga anggota sempat tersungkur. Setelah itu, dia langsung masuk ke dalam rumah. ”Karena tidak ingin mengambil resiko, kami langsung mendobrak rumah orang tua pelaku dan mengeluarkan tembakan. Awalnya terkena bagian paha, namun pelaku tetap melakukan perlawanan sehingga terkena bagian dada, sehingga pelaku tewas di lokasi penangkapan,” terangnya. Setelah Ujang tewas, petugas langsung menuju rumah pelaku. Di sana petugas melakukan penggeledahan. Petugas akhirnya menemukan semacam rantai di lantai. Rupanya lantai itu menjadi semacam bunker kecil. Disana, petugas menemukan sebuah senjata api jenis FN dengan tiga butir peluru dan sebuah selongsong. ”Polisi juga menyita satu unit mobil minibus silver, tiga unit ponsel dan satu truk yang diduga hasil kejahatan pelaku,” terangnya. Menurut Adrian, Ujang telah menyandang status buronan sejak tahun 2009 silam. ”Kami sudah lama sekali mengincar tersangka ini. Terakhir dia melancarkan aksinya pada tahun 2016 lalu. Tempat kejadian perkaranya di Desa Purwosari, Kecamatan Metro Utara dengan korban seorang bos rongsokan yang meninggal dunia,” tuturnya. Dijelaskan, Ujang merupakan anggota komplotan Wagino yang terakhir yang berhasil dibekuk. Komplotan Wagino terdiri dari 18 orang. Sebanyak sebelas orang telah meninggal dunia dan sisanya sudah tertangkap. ”Diketahui komplotan Wagino CS total ada 18 orang, komplotan rampok ini beraksi sejak 2006,” ujarnya. Saat ditanya mengenai keberadaan Ujang Kasto selama pelarian, Adrian mengaku tidak mengetahui pasti. ”Untuk kemana saja keberadaan Ujang selama pelarian, kami tidak tahu persis karena keburu tewas. Yang jelas dia susah dicari,

dan baru teridentifikasi keberadaannya pada April ini,” ungkapnya. Sementara Kasubdit III Jatanras, Ditkrimum Polda Lampung AKBP Ruly Andi Yulianto menambahkan, saat beraksi komplotan Ujang Kasto dikenal sadis. Mereka tak segan melakukan aksi kekerasan jika sedikit saja korban melakukan perlawanan. Komplotan ini juga tergolong profesional. Setiap aksi dilakukan secara terencana. Korban yang dipilih juga tidak sembarangan. Mereka biasanya mengincar korban yang sedang memiliki uang banyak. Seperti baru saja menjual tanah atau panen kopi. ”Jadi mereka mencari dan telah mengintai sasarannya terlebih dahulu,” jelasnya. Diketahui, Kapolsek Blambangan Umpu AKP (Anumerta) Wiyono (45) tewas tertembak pada 11 April 2008 dini hari pukul 04.00. Almarhum yang namanya diabadikan sebagai nama aula di Mapolda Lampung ini tewas tertembak di bagian perut di daerah Talangbaru, Oganlama, Lampung Utara. Sebelum tewas, almarhum mendapat telepon dari Kasatreskrim Polres Waykanan AKP Hendriansyah yang saat itu memintanya membantu untuk mengejar dan menghentikan pelaku perampokan di Talangbaru, Oganlama, Lampung Utara. Perampok diduga menggunakan pick up Daihatsu Espass hitam dan sepeda motor Honda Mega Pro. Wiyono kemudian meluncur bersama tiga anak buahnya. Sayang ketika tiba di Talangbaru, mobil yang diduga digunakan pelaku perampokan lepas. Namun pelaku perampok yang mengendarai sepeda motor Honda Mega Pro berhenti dan menembak Wiyono. Kemudian pada Januari 2009, kasus penembakan polisi kembali terjadi. Korbannya adalah Aiptu (Anumerta) Rizali Siregar. Dia tewas setelah berusaha menolong tetangganya Ahmad Saefudin (40) alias Udin Kribo, pemilik toko onderdil sepeda motor dan peralatan olahraga di Pringsewu Barat itu yang disatroni kawanan perampok. (pip/fik)


7

MINGGU, 15 APRIL 2018

Berharap Kembali Digelar di Lampung BANDARLAMPUNG – Kursus kepelatihan Lisensi C AFC yang berlangsung di Hotel Asoka dan Stadion Sumpah Pemuda, PKOR Wayhalim, Bandarlampung berakhir Jumat (13/4). ”Hari ini secara resmi kursus yang dimulai 1 April lalu ini kami tutup. Kami berharap setelah mengikuti kursus ini, kualitas pelatih khususnya pelatih Lampung meningkat. Selain itu, prestasi sepak bola Lampung lebih baik,” kata Ketua Asprov PSSI Lampung, Eddy Samsu. Eddy berharap kegiatan semacam ini berharap kembali digelar di Lampung. Karena itu, Asprov PSSI Lampung akan terus berkomunikasi dengan PSSI pusat. ”Kami akan berupaya semaksimal mungkin pelatihan semacam ini bisa kembali digelar di Lampung. Ini penting agar kedepan semakin banyak pelatih lokal yang punya kualitas mumpuni. Imbasnya sepakbola kita akan maju,” paparnya. Sementara Hannafing, instruktur yang dihadirkan untuk kegiatan ini mengatakan PSSI pusat meminta Asprov PSSI Lampung untuk memperbanyak kompetisi di berbagai tingkatan usia. Tujuannya memberikan ruang seluasluasnya kepada pelatih dalam menerapkan ilmu yang didapat selama kursus. ”Semakin banyak kompetisi akan meningkatkan kualitas dan jam terbang pelatih. Jangan sampai sudah mengantongi lisensi C AFC, pelatih malah vakum,” mantan penggawa Persebaya itu. (ewi/ p2/ewi)

AGENDA LIGA 1 Minggu, 15 April 2018 PSIS Semarang vs PSMS Medan (Indosiar/Festival pukul 15.30 WIB) Arema FC vs Persib Bandung (Indosiar/Festival pukul 18.30 WIB) PREMIER LEAGUE Minggu, 15 April 2018 Newcastle United vs Arsenal (beIN Sports 1 pukul 19.30 WIB) Manchester United vs West Brom (MNC TV/beIN Sports 1 pukul 22.00 WIB) LA LIGA Minggu, 15 April 2018 Eibar vs Alaves (beIN Sports 2 pukul 17.00 WIB) Atletico Madrid vs Levante (beIN Sports 2 pukul 21.15 WIB) Getafe vs Espanyol (beIN Sports 2 pukul 23.30 WIB) Senin, 16 April 2018 Malaga vs Real Madrid (SCTV, beIN Sports 2 pukul 01.45 WIB) BUNDESLIGA Minggu, 15 April 2018 Schalke 04 vs Borussia Dortmund (Fox Sports pukul 20.30 WIB) Werder Bremen vs RB Leipzig (Fox Sports pukul 23.00 WIB) LIGUE 1 Minggu, 15 April 2018 Montpellier vs Bordeaux (beIN Sports 3 pukul 20.00 WIB) Troyes vs Marseille (beIN Sports 3 pukul 22.00 WIB) Senin, 16 April 2018 PSG vs AS Monaco (beIN Sports 3 pukul 02.00 WIB) FORMULA 1 Minggu, 15 April 2018 Race GP Tiongkok (Fox Sports pukul 13.00 WIB) Jadwal bisa berubah sewaktu-waktu bergantung kebijakan stasiun televisi.

FOTO TRY/RADAR LAMPUNG

KEJUARAAN INTERNASIONAL: Menpora Imam Nahrawi didampingi Bupati Pesbar Agus Istiqlal membuka –Krui Pro Surfing Competition QS 1500 tahun 2018, kemarin.

Diikuti 107 Peselancar dari 17 Negara PESISIR SELATAN – Sebanyak 107 peselancar dari 17 negara ambil bagian dalam Krui Pro Surfing Competition QS 1500 tahun 2018. Dari jumlah itu, 78 diantaranya putra dan sisanya putri. Even yang masuk kategori WSL (World Surf League) itu dibuka Imam Nahrawi, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), kemarin. Pembukaan ditandai dengan pemu-

meluangkan waktu untuk hadir. Mewakili masyarakat Pesbar, dia menyampaikan rasa bangga terhadap pelaksanaan ajang internasional ini. ”Hal ini perlu saya sampaikan karena kejuaraan ini diakui dunia. Dimana, peserta adalah atlet-atlet surfing profesional dari berbagai negara. Panitia penyelenggara juga profesional dan memiliki sertifikasi

bertaraf internasional,” terangnya. Agus berharap even yang dihelat di Tanjung Setia Beach ini berjalan lancar dan memberikan kesan yang tak terlupakan. ”Sehingga peserta akan selalu rindu untuk kembali ke sini. Dan pada akhirnya Pesisir Barat makin dikenal dan dikunjungi banyak wisatawan domestik maupun mancanegara,” pungkasnya. (try/ewi)

BEBERAPA PERENANG BERPELUANG RAIH MEDALI BANDARLAMPUNG – Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Lampung menurukan 24 perenang di Festival Aquatik Indonesia (FAI) 2018 yang akan berlangsung di Surabaya, Jawa Timur (Jatim), 16-19 April ini. Didampingi tiga pelatih dan dua ofisial, para perenang itu bertolak ke Kota Pahlawan—julukan Surabaya—dengan menggunakan pesawat terbang, tadi malam. Tiga pelatih itu adalah Umar Wardoyo, Musarofah, dan Prasetyo. Sementara dua ofisial dimaksud adalah Ikkus Heradyan dan Maya Apriliana. ”Mereka semua siap bertanding,” ujar Musarofah. Sebelum meninggalkan Lampung, para perenang yang didominasi muka baru itu menjalani latihan terakhir di Kolam Renang Pahoman, kemarin pagi. ”Dari 24 perenang, 80 persen berusia muda,” sambungnya. Ke-24 perenang yang terdiri dari 12 putra dan 12 putri itu merupakan hasil seleksi yang diadakan Pengprov PRSI, 30 Maret lalu. ”Saya sangat berterima kasih kepada pengurus. Karena, standar yang tinggi takni limit waktu nasional bisa dicapai saat seleksi dan harapan saya dapat terus meningkat,” kata Ketua Umum PRSI Lampung, Ade Utami Ibnu. Menurut anggota DPRD Lampung

Curry Comeback di Semifinal

STEPHEN CURRY FOTO REUTERS

OAKLAND – Kabar gembira untuk fans Golden State Warriors. Bintang utama Warriors Stephen Curry siap comeback pada ronde kedua playoff alias babak semifinal wilayah barat. Tentu, dengan syarat Warriors mampu melewati hadangan San Antonio Spurs di ronde pertama playoff. Game pertama Spurs versus Warriors digelar di Oracle Arena pagi ini. ”Stephen Curry ditargetkan kembali tampil pada semifinal. Sabtu besok (hari ini, Red) dia akan menjalani evaluasi kondisi cedera untuk tiga minggu pertama,” tulis jurnalis Yahoo Sport Shams Charania dilansir

kulan gong oleh Imam. Tampak hadir Bupati Pesbar Agus Istiqlal. ”Pemerintah sangat mendukung penuh kompetisi surfing yang diadakan Pemkab Pesisir Barat ini. Diharapkan kompetisi surfing ini makin dikenal di dunia internasional,” kata Menpora. Sementara itu Agus mengucapkan terima kasih kepada Menpora yang telah

Bleacherreport kemarin (14/4). Curry menepi sejak 23 Maret. Dia cedera lagi saat menjalani pertandingan melawan Atlanta Hawks. Padahal, itu adalah laga pertama Curry setelah absen selama enam laga karena cedera engkel. Kali ini dia mengalami cedera Medial Collateral Ligamen (MCL) grade dua pada lutut kiri setelah bertabrakan dengan rekan setimnya JaVale McGee. ”Dia (Curry) tiba-tiba datang ke arah saya. Saya sama sekali tidak ada maksud menabraknya,” ucap McGee saat itu dilansir Assocated Press.

Curry mengaku kondisinya terus membaik. MVP NBA 2015 dan 2016 itu berharap rekan setimnya tampil apik di playoff. “Tidak ada kemunduran. Semua berjalan positif,” katanya. ‘’Proses rehabilitasi berjalan lancar. Saya berharap kemajuan terus berlanjut dan saya masih bisa bermain di playoff,” tambah pemain 30 tahun itu. Curry hanya mampu tampil pada 51 di antara 82 game di musim reguler. Itu menjadi yang paling sedikit kedua sepanjang karirnya di NBA sejak 2009. Pada musim 2011-2012 Curry hanya tampil dalam 26 game lantaran cedera engkel dan lutut. Meski begitu, kinerja Curry musim ini tetap efektif. Dia membukukan 26,4 poin, 6,1 assist, dan 5,1 rebound per game. Tanpa Curry, Warriors mengandalkan tiga all-star lainnya. Yakni, Kevin Durant, Draymond Green, dan Klay Thompson. Warriors diunggulkan mengatasi Spurs yang kehilangan bintang utama Kawhi Leonard karena cedera. (jpg/ewi)

FOTO PRSI LAMPUNG FOR RADAR LAMPUNG

SIAP BERTANDING: Tim renang Lampung yang akan mengikuti FAI 2018 di Surabaya, Jatim.

itu, berkaca pada catatan waktu yang ditorehkan saat seleksi, beberapa perenang berpeluang meraih medali. ”Potensi itu akan kita maksimalkan,” terangnya. Untuk diketahui tahun ini FAI memasuki edisi kedua.Total ada empat cabang olahraga yang dipertandingkan.

Yakni renang, renang artistik, loncat indah, dan polo air. Renang dihelat di kolam renang KONI Jatim, renang artistik di Kolam Renang Sendang Delta Sidoarjo (16-18 April), loncat indah di Kolam Renang Graha Resident Surabaya (18-21 April), dan polo air di Kolam Renang

Sendang Delta Sidoarjo (19-22 April). ”Pada FAI tahun lalu, kita memperoleh dua perunggu melalui Halimatussa’diah dan Mayang Regita. Tahun ini Halimatussa’diah tidak berangkat ke Surabaya karena ikut UN (Ujian Nasional) SMA,” ungkap Musarofah. (ewi/ewi)


8

MINGGU, 15 APRIL 2018

OLLIE SELALU MEMBERI BUKTI SOUTHAMPTON – Olivier Giroud sudah membuktikan kalau posisi inti layak jadi miliknya. Ollie -sapaan akrab Giroud-membuktikannya tadi malam. Dia menyelamatkan Chelsea dari kekalahan saat melawat ke St Mary’s, kandang Southampton. Giroud baru masuk menggantikan Morata sejak menit ke-61, atau satu menit setelah Jan Bednarek menjebol gawang Thibaut Courtois. Gol itu membuat Soton unggul 2-0. Sebelumnya, mereka sudah memimpin lewat Dusan Tadic (21’). Nah, begitu masuk, Giroud langsung memberi efek di dalam permainan Gary Cahill dkk. Sembilan menit setelah masuk, Giroud langsung mencetak gol ketika menerima assist Marcos Alonso di menit yang ke-70. Itu adalah gol pertama Giroud di Premier League setelah berkostum Chelsea. Giroud pula yang jadi penentu

kemenangan pertama Antonio Conte pada bulan ini. Gol penentu Giroud terjadi tiga menit setelah Eden Hazard mencetak gol kedua Chelsea pada menit ke-75. Giroud pun menjadi pemain pertama di Premier League yang dapat mencetak gol tandang melawan satu klub dua kali dalam semusim. Saat di Arsenal, Giroud juga menyelamatkan The Gunners dari kekalahan di St Mary’s dengan golnya. ”Saya selalu mencoba untuk kembali (jadi starter) dengan sekuat-kuatnya,” ungkap striker timnas Prancis itu dalam wawancaranya kepada Sky Sports. Ini adalah keenam kalinya Giroud dimainkan Conte dari bench di Premier League. Dia baru dua kali merasakan starter. Tetapi, dia tak mempersoalkannya. ”Saya tak pernah berhenti berharap, kesempatan itu (starter) pasti bakal datang,” lanjut Giroud. (jpg/ewi)

HASIL DAN KLASEMEN PREMIER LEAGUE (14/4) 2

Southampton

vs

Chelsea

2

Burnley

vs

Leicester City

1

3

C Palace

vs

Brighton

2

vs

Watford

0

vs

Everton

1

(TADIC 21’, BEDNAREK 60’/ GIROUD 70’, 78’, HAZARD 75’)

(WOOD 6’, LONG 9’/ VARDY 72’)

(ZAHA 5’, 24’, TOMKINS 14’/ MURRAY 18’, IZQUIERDO 34’)

1

Huddersfield

1

Swansea

(INCE 90’+2’)

(AYEW 71’/ NAUGHTON 43’ OG)

3

FOTO IAN WALTON/REUTERS

SUPER SUB: Selebrasi penyerang Chelsea Olivier Giroud usai mencetak gol ke gawang Southampton, tadi malam WIB.

Tak Percaya Diri di De La Licorne NEYMAR Jr juga ingin berkontribusi di sisa laga Ligue 1 musim ini. Apalagi, dia diprediksi bisa pulih dua pekan mendatang. Artinya, pemain termahal dengan banderol EUR 222 juta (Rp 3,77 triliun) itu, bisa comeback di Stade de la Licorne, kandang Amiens, pada Journee 36 Ligue 1 (7/5). Namun, Neymar dalam wawancaranya dengan Brazilian TV, malah ragu

dengan prediksi itu. Dia mengatakan terlalu cepat. ”Masih ada waktu sebulan untuk pemulihan, meski saya sudah menunjukkan progress bagus, dan semua berjalan lancar,” ungkap Neymar dalam program yang bertajuk ”Altas Horas”, kemarin WIB (14/4). Winger 26 tahun itu mengalami cedera retak tulang metatarsal kelima kaki kanan. Kalau berdasarkan timeline pemulihannya, kondisi Neymar

sudah 100 persen dalam dua Journee akhir Ligue 1. Yakni, saat PSG melawan Stade Rennes (13/5) atau dalam laga pemungkas Ligue 1 ketika away ke Stade Michel d’Ornano, kandang Caen (20/5). ”Sebelum musim ini berakhir, saya juga ingin mencatat kontribusi,” klaim Neymar. Kubu PSG kemarin juga memberikan pernyataan comeback-nya Neymar. Terutama kapan sang pemain

akan kembali berlatih penuh dengan Thiago Silva dkk. PSG menyebut, pekan depan Neymar sudah kembali bergabung bersama rekanrekannya di Les Rouge et Bleu, julukan PSG. ”Percepatan penyembuhan dalam sepuluh hari ke depan itu yang akan memungkinkan klub menentukan tanggal kembalinya Neymar ke sesi latihan. Tetapi kami sudah mendapat kabar bagus dari

(dokter timnas Brasil) Rodrigo Lasmar tentang progress pemulihan engkel kanan dan kekuatan kakinya menahan beban,” tulis PSG di dalam pernyataan resminya. Dilansir ESPN, Unai Emery sebagai tactician PSG judah tak sabar melihat Neymar. Emery menjamin akan menurunkan Neymar begitu dinyatakan pulih. ”Semoga secepatnya,” harap Emery. (jpg/ewi)


9

MINGGU, 15 APRIL 2018

PlagIat aTau BukaN?

Get Out from

Plagiarism Habit

’’Plagiarism is the fear of a blank page.’’ ― Mokokoma Mokhonoana MESKI sanksi berat akan dijatuhkan, ternyata masih banyak orang yang melakukan plagiarisme. Yup, mungkin orang awam kurang tahu sama batasanbatasan suatu karya bisa dibilang plagiat. Makanya, simak nih batasan-batasan plagiarisme dalam karya musik, desain industri, dan karya tulis. (snd/c1/snd)

MASIH ingat sama kasus yang menyangkut tempat wisata di Bandung, Rabbit Town? Yup, terdapat beberapa objek di dalamnya yang mirip dengan seni instalasi karya seniman luar negeri. Meski menuai kecaman, tempat tersebut belum dihadapkan dengan konsekuensi hukum. Hmm, apa plagiarisme itu emang agak rancu ya? Sebenarnya, secara internasional, terdapat kesepakatan yang mengatur mengenai copyright, yakni The Berne Convention for the Protection of Literary and Artistic Works. Lalu, di Indonesia, ada UU Nomor 28 Tahun 2014 yang mengatur mengenai Hak Cipta. Namun, memang ada tuduhan-tuduhan plagiarisme yang akhirnya tidak bisa dikenai sanksi hukum. Misalnya lagu Putri Bahar, Pusing Pala Barbie, yang dituduh memplagiat Meghan Trainor. Atau yang lebih baru, tuduhan bahwa lagu Reza Oktovian memplagiat G-Dragon. ”Kasus plagiarisme memang susah pembuktiannya. Seperti lagu Putri Bahar, secara tempo memang mirip. Namun berbeda secara lirik dan elemen lain,” jelas Erick Saropie, public affair officer Ditjen Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM Sedihnya, menurut United States Trade Representative, Indonesia merupakan negara yang masuk priority watch list, bersama sebelas negara lainnya. Masuk ke daftar itu, berarti Indonesia termasuk pelanggar hak cipta tertinggi di dunia loh! Mengapa bisa demikian? ”Masuknya Indonesia ke  priority watch list  mengindikasikan masih lemahnya penegakan hukum di bidang kekayaan intelektual dan berdampak buruk pada citra Indonesia di mata dunia,” terang Erick. Hal itu nggak terlepas dari kebiasaan masyarakat Indonesia dalam menggunakan barang bajakan. Barang ori dan impor kerap

MusiK Menurut Berkeley Law Scholarship, ada tiga aspek utama dalam musik. Yaitu, melodi, harmoni, dan ritme. Bila terdapat kesamaan yang kuat dalam ketiganya, itulah plagiarisme. Nah, berdasar buku panduan Hak Kekayaan Intelektual Indonesia, sebuah karya musik baru bisa dikatakan plagiat kalau punya persamaan yang lebih dari 8 bar (1 bar = 4 ketukan).

dipasang dengan harga tinggi. Apalagi setelah mendapatkan biaya tambahan dari pajak dan cukai. Sementara itu, orang-orang yang mengedepankan gengsi ingin memakai brand  tertentu, tapi terkendala harga. Akhirnya sebagian orang memilih beli produk ”KW”. Objek yang dicuri pun beragam, mulai kesenian, lagu, tari-tarian, sampai tulisan, bergantung demands. ”Sekarang popularitas drama dan musik Korea meroket seiring dengan masifnya penyebaran budaya Korea (hallyu). Hal itu memantik maraknya bisnis ilegal berupa laman penyedia film bajakan dengan pengalihan bahasa,” lanjut Erick. Tetapi, ada juga kasus produk ciptaan negara kita yang malah dibajak negara lain. Hal tersebut pernah terjadi pada Dewa Bagus Komang Budiana selaku pewaris karya sastra Geguritan sang Cangak. Karya itu dijiplak menjadi film animasi di Malaysia berjudul Kisah sang Bangau dan disiarkan TV Swasta Nasional di Malaysia. ”Saya anggap pemerintah gagal melindungi karya seni warganya. Bahkan boleh dibilang acuh tak acuh,” ungkap Dewa Bagus seperti dilansir Jawa Pos pada 27 Agustus 2015. Menurut dia, sudah jelas hak cipta itu dijiplak tanpa izin, tetapi pemerintah nggak melakukan langkah apa pun un tuk melindunginya. Yang jelas, sebagai penerus bangsa, yuk tanamkan mindset untuk membeli produk orisinal! Kita juga bisa melakukan boikot dan protes terhadap karya yang melanggar hak cipta melalui media sosial. Meski tergolong ringan, jika dilakukan secara kolektif, langkah tersebut bisa jadi kampanye yang kuat buat menjauhkan plagiarisme dari bumi Indonesia. (snd/jpg/c1/snd)

DesaIn InduStri Mengutip dari Hak Kekayaan Intelektual Indonesia, suatu karya disebut plagiat terhadap desain industri jika memiliki kesamaan bentuk, konfigurasi, komposisi garis atau warna, serta garis dan warna atau gabungannya. Misalnya, bentuk sepatu Brodo yang banyak ditiru kompetitornya. Tahu sendiri dong bahwa bentuk logo atau merek merupakan representasi produk tertentu. Misalnya, desain huruf M dari McDonald’s yang kadang disontek orang lain. Perbuatan itu jelas melanggar hak merek.

Yuk PateNkan KaryA! KAMU punya karya tulis, musik, atau mungkin gambar desain? Jangan remehkan karyamu, siapa tahu kelak kamu jadi orang besar dan karyamu jadi seni bernilai tinggi. Biar buah idemu nggak jatuh ke tangan orang lain, yuk coba patenkan karyamu. Kira-kira begini caranya. (snd/c1/snd) 1. MENJALANI PROSES ADMINISTRATIF Pertama, yang harus dilakukan adalah melengkapi syarat administratif. Mulai mengisi formulir hingga melampirkan karya yang ingin dipatenkan dan dokumen pendukung berupa identitas pemohon serta bukti kewarganegaraan. Nggak lupa, sertakan Surat Pernyataan Kepemilikan Hak Cipta. Biaya pendaftarannya Rp 300.000. 2. PEMERIKSAAN DOKUMEN Setelah syarat administratif terpenuhi, Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual (Ditjen HKI) memeriksa permohonan. Dalam tahap itu, yang diperiksa adalah kelengkapan dokumen. Apabila dokumen kurang lengkap, pemohon diberi waktu tiga bulan untuk melengkapinya. Prosesnya sekitar sembilan bulan terhitung sejak tanggal permohonan diterima. Waktu yang lama tersebut dibutuhkan untuk menentukan karya patenmu diterima atau ditolak.

KaryA TuliS Dalam buku Plagiarisme: Pelanggaran Hak Cipta dan Etika karangan Henry Soelistyo, karya tulis disebut plagiat bila mencantumkan tulisan orang lain tanpa adanya tanda kutip dan sumber bacaan. Selain itu, kalau gagasan orang lain ditulis tanpa disertai sumber nama, karya tulis tersebut bisa dikenai konsekuensi hukum sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

MODEL: ALI HUSEN • FOTO: IVAN/ZETIZEN TEAM • ILUSTRASI: GANES/ZETIZEN TEAM

Ayo temukan 5 perbedaan pada dua foto di atas. Bisa nggak ya?

3. PENCETAKAN SURAT PENCATATAN CIPTAAN Setelah itu, Ditjen HKI melakukan evaluasi. Apabila nggak ada keberatan terhadap permohonan pencatatan hak cipta, Ditjen HKI akan menerbitkan Surat Pencatatan Ciptaan dan mencantumkan karyamu dalam daftar umum ciptaan. Selamat, karyamu resmi paten! Paten tersebut berguna supaya nggak ada pihak lain yang menggunakan tanpa izin serta mengantisipasi perselisihan yang mungkin timbul di kemudian hari.


10

R ADAR LAMPUNG

DESTINASI

MINGGU, 15 APRIL 2018

CURUP TUJUH AIR TERJUN UNIK DENGAN TUJUH TINGKATAN

MENAWAN Indahnya Curup Tujuh yang berada di Register 39, Kampung Margajaya, Kecamatan Selagailingga, Lamteng. FOTO DOK. DISPAR LAMTENG FOR RADAR LAMPUNG

SELAGAILINGGA - Lampung Tengah (Lamteng) merupakan kabupaten yang menyimpan potensi alam yang tidak kalah dengan kabupaten/kota lainnya di Lampung. Selain memiliki Air Terjun Curup Lestari yang terletak di kawasan Register 39, Lamteng juga memiliki Air Terjun Tujuh di Kampung Margajaya, Kecamatan Selagailingga. Ya, air terjun yang juga berada di kawasan Register 39 ini tidak kalah indah dari Curup Pitu di Banjarnegara, Jawa Tengah; Curup Tujuh Cibolang di Ciamis; Curup Tujuh di Cilember, Bogor;  Curup Tujuh Bidadari di Bandungan, Semarang; dan curup lainnya. Kepala Bidang Pengembangan Destinasi, Industri, dan Kelembagaan Dinas Pariwisata Lamteng Iin Meylina menyatakan, Air Terjun Curup Tujuh ini

memiliki keunikan tersendiri. Di mana memiliki tujuh tingkatan dengan ketinggian berbeda-beda. ’’Curup ini berada di wilayah pegunungan dengan nuansa alam indah dan udara yang sejuk,’’ katanya. Air terjun yang ketujuh, kata Iin, memiliki ketinggian kurang lebih 35 meter dari permukaan air. ’’Kita bisa menghabiskan waktu sekitar 15 menit dari puncak satu menuju puncak ke-tujuh. Jika kita berkunjung saat debit air besar seperti sekarang, lebih menarik. Karena air terjunnya besar,’’ urainya. Jika ada yang ingin berkunjung, lanjut Iin, dapat ditempuh dengan jarak 15 km dari ibu kota kecamatan. ’’Kalau dari kecamatan 15 km. Kalau dari Gunungsugih, jaraknya sekitar 85 km,’’ beber dia.

Untuk mencapai puncak ke-tujuh cukup memacu andrenalin. ’’Kalau mau ke puncaknya lumayan menguji andrenalin. Tidak bisa dengan kendaraan. Jadi mendaki karena tingkat kemiringannya curam,’’ urainya. Adapun masalah yang perlu dibenahi, kata Iin adalah akses jalannya. ’’Jalannya masih jalan setapak. Namanya hutan lindung. Kalau dari Kampung Margajaya sekitar 7 km menuju air terjun tingkat pertama,’’ tukasnya. Ketua Pokdarwis Selagailingga Edi Susanto menambahkan, sejauh ini masih banyak warga lokal yang berkunjung. ’’Untuk hari-hari biasa pengunjungnya warga lokal. Tetapi kalau long weekend atau perayaan tertentu baru ramai pengunjung dari luar daerah,’’ katanya.

Dia juga mengimbau kepada pengunjung untuk koordinasi dengan pokdarwis atau kepala kampung. ’’Kita bisa bantu pandu. Masalah keamanan kendaraan terjamin. Tidak dipungut biaya. Hanya parkir buat yang menunggu kendaraan,’’ sebut Edi. Sejauh ini, kata dia, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Kehutanan Lampung. Sebab, wilayah air terjun masuk kawasan hutan lindung. ’’Alhamdulillah, responnya positif. Kita akan buat akses jalan untuk mempermudah wisatawan berkunjung,’’ tandasnya. Edi yakin jika Air Terjun Curup Tujuh dikelola maksimal bisa membangkitkan perekonomian masyarakat sekitar. ’’Saya yakin jika maju dan ramai pengunjung, kampung Margajaya bisa lebih maju. Perekonomian masyarakat meningkat,’’ tegasnya. (sya/c1/nui)


MINGGU, 15 APRIL 2018

RESTO

Wah, Ada Menu Baru di Novotel HOTEL Novotel Lampung di bawah naungan Accorhotels terus menghadirkan inovasi dalam setiap produknya. Nah untuk bulan ini, ada menu-menu baru yang tidak hanya apik dipandang mata. Namun sangat enak di lidah para pencinta kuliner. Semua bisa didapatkan di The Square Restaurant, Hotel Novotel Lampung. Menu-menu baru tersebut yakni Au Beouf A’la King, Greek Wrap, Prawn Sun, Pucang Gurame, dan Chicken Mediterania. ’’Dengan racikan bumbu pilihan dan diolah tangan-tangan chef andal, menu itu siap menggugah selera dan memanjakan hasrat kuliner Anda,” kata Asst. Sales & Communication Manager Ratu Iin Nopita Respa. Sajiannya yang cantik dan menarik, serta cita rasanya yang istimewa akan mampu menghipnotis pencinta wisata kuliner. Adapun harga yang ditawarkan untuk masing-masing menu makanan ini yaitu Rp100.000, Rp60.000, Rp100.000, Rp100.000 dan Rp60.000; per porsinya. Harga tersebut sudah termasuk tax and service. Pengunjung juga

bisa mendapatkan penawaran spesial diskon 20% soft drinks jika memesan menu-menu promosi tersebut. Lezatnya makanan akan terasa lebih lengkap dengan hadirnya minuman yang segar. Tim Novotel Lampung juga memperkenalkan dua minuman terbarunya, Green Light dan Dragon Smoothies. Masingmasing menu minuman terbaru ini dapat Anda nikmati seharga Rp100.000 dan Rp40.000 per porsinya, sudah termasuk tax and service. Tidak hanya menu-menu makanan dan minuman yang ditawarkan Hotel Novotel Lampung. Untuk mengenang jasa pahlawan R.A. Kartini yang telah memperjuangkan emansipasi wanita, Hotel Novotel Lampung juga memberikan paket penawaran kamar dengan harga khusus yang berlaku dari 19 hingga 23 April 2018. Harga yang ditawarkan mulai Rp775.000; untuk kamar Standard Mountain dan Rp875.000; untuk kamar Standard Ocean. Harga sudah termasuk tax and service. Bagi Anda yang ingin melakukan pemesanan, dapat menghubungi 0721-477999.(gie/c1/wan)

R ADAR LAMPUNG

11


SASTRA MILIK SISWA 12

MINGGU, 15 APRIL 2018

KUMPULAN PUISI ZIYATUN ICHSAN SISWA SMP IT AZ ZAHRA

Kegagalan Bagaimana rasanya Jaya sudah di depan mata Tapi itu tak seindah di dalam benak Mengapa? Aku tak mengharap kedatanganmu Tak menginginkan kehadiranmu Apa gunamu? Yang hanya membuatku terjatuh Apalah arti kejayaan jika kau datang Ya.. pengorbanan yang telah engkau terbangkan Jauh entah kemana Tak seujung lidah pun kurasakan kenikmatanmu Karena engkau yang merampas Engkau yang merampas dari genggamanku Sangat mudah mengatakan itu cobaan Namun pupus yang kurasakan Benar... Sangat benar Cobaan yang diberikan oleh-Nya Tak serumit hikmah setelahnya Karena senang tak mungkin datang lebih dahulu Dan tak akan mungkin Karena jaya itu akan berlanjut Tidak seperti kegagalan yang akan segera berakhir

Perahu Kemenangan

Peraturan Oh Peraturan Teeettt!!! Bel itu semakin membuatku pengang Tak kuasa ku melawan itu Berusaha taat dengan perlahan Melawan arus perlawanan Mengikuti air yang mengalir entah di mana hentinya Semua ini baik untuk kami Semua ini pantas untuk kami Semua ini tak salah untuk kami Benar... Diri inilah yang menolak Hati kecil ini menangis Menangis karena penolakan raganya Hati kecil ini menangis Menyaksikan keburukan dalam kebaikan

Bukan lagi harga diri Ego lah yang melahap habis Hasratlah yang menutup halus Pikiranlah yang menenggelamkan semua itu Patutkah aku di sini Bercongkak hati pada yang Maha Sempurna Berpangku tangan pada yang Bertahta Patutlah aku di sini Menumpang hidup pada yang Kuasa Tuhan... Sirnakan aku dalam belenggu kehancuran ini Hukuman itu tak menjerakan kami Tapi hukuman-Mu, tak sanggup tuk kami hadapi

Hati kecil ini sadar atas keberadaanmu Ya... peraturan Menyampaikan arti tersirat dalam kemuliaan Namun apa daya. Tersurat jelas di hadapannya Maksiat.

Hati kecilku Kuatkan aku Tak pantas aku di hadapan-Mu Berlari pun tak mungkin Taatkan lah diriku ini pada-Mu Hati kecilku Uang

Bukan lagi kemuliaan Bukan lagi kesadaran

Tahukah kau? Tak mengertikah kau?

Aku lelah mengejarmu Hanya karena kau Waktuku habis Tubuhku lelah Pikiranku entah kemana Bagai berlari di kegelapan Entah di mana engkau Entah seberapa banyak engkau Semua gila karenamu Semua orang memburumu Siang tak ada henti Hingga malam tak ada lagi Uang... Kau yang memperbudak kami Kau yang menguasai kami Orang-orang bodoh yang mengerjarmu Hanya untuk memenuhi jasad sesaatnya Di dunia yang fana ini Membuat mereka lupa Akan keberadaan ruhnya Di akhirat abadi nanti

Di ambang hidup dan mati Kerja keras itu akan segera membuahkan hasil Mendayung berkeringat dengan otot sekuat tenaga Mengalir sampai ke hilir Dengan kerasnya hantaman ombak Yang berusaha menjatuhkan Namun tak bisa Karena kesungguhanlah yang akan mencapai itu Berfikir, berusaha, dan melakukannya dengan akal sehat Sesuai kemampuan Menuju tempat persinggahan terakhir Dan segala kesulitan yang akan menghadang Yang berusaha menghancurkan Namun tak bisa Karena kesungguhan pulalah yang akan mencapai itu Jangan goyahkan perahuku untuk berlayar Jangan terbangkan mimpiku terlalu jauh Karen aku takut tak sanggup menggapainya jangan patahkan semangatku untuk terus mendayung menggapai apa yang ada di benakku biarkan mentari mengobarkan semangatku biarkan bulan menenangkanku biarkan bintang gemintang menemaniku agar aku tak takut menghadapi kegelapan yang akan datang nanti

Negeriku Semburan darah berceceran Semangat yang sebelumnya membakar jiwa Kini sirna di balik sang penjaga Kemenangan yang telah terkobarkan di Masa 45 Kini terhapus tanpa memaksa Apa kemerdakaan ini akan kembali menghilang Di antara iman yang seharusnya datang Bunga-bungan itu semakin mengembang Namun kehidupan semakin mengambang

Ada apa dengan negriku Ada apa dengan negaraku Ada apa dengan pemimpinku Ada apa dengan mereka Bagai tukus Yang mati di lumbung padi Untuk apa kekayaan Untuk apa keindahan Jika akhirnya akan mati di dalamnya

Bukan mati karena alam Tapi mati karena tenggelam Negriku yang elok Jangan kau ulang masa dahulu Jangan kau ulang masa kehancuran Jangan kau buat kami hanyut dalam kebahagiaanmu Sedangkan hancur yang kami dapatkan

Menyoal Isi Hati Oleh: Erwin Wibowo MASA remaja merupakan masa seseorang mencari jati dirinya. Pada masa ini, banyak hal baru ditemui oleh remaja. Dunia remaja memang sangat penuh dengan warna. Mereka mempunyai dunianya sendiri dan permasalahannya sendiri. Mereka pun berusaha menyelesaikan masalahnya dengan cara yang berbeda dengan sikap orang dewasa. Banyak remaja yang menuangkan perasaannya dalam bentuk tulisan, baik dalam buku harian, cerpen, atau pun puisi. Mereka beranggapan bahwa jika sudah menorehkan isi hatinya di secarik kertas akan sedikit membantu menyelesaikan masalah-masalah mereka. Salah satu cara yang digunakan remaja dalam mencurahkan isi hatinya adalah dengan menulis puisi. Sebagai sebuah karya sastra, puisi dianggap sebagai sarana yang paling mudah dalam mencurahkan isi hati atas permasalahan yang terjadi. Salah satu fungsi puisi barangkali sebagai media

untuk mengungkapkan curahan hati dan kontemplasi jiwa. Menurut Pradopo, puisi adalah karya sastra yang kompleks yang pada setiap lariknya mempunyai makna yang dapat ditafsirkan secara denotatif atau pun konotatif. Selain itu, Puisi menurut Abrams sebenarnya bukan merupakan karya yang sederhana, melainkan organisme yang sangat kompleks. Puisi diciptakan dengan berbagai unsur bahasa dan estetika yang saling melengkapi, sehingga puisi terbentuk dari berbagai makna yang saling bertautan. Dengan demikian, pada hakekatnya puisi merupakan gagasan yang dibentuk dengan susunan, penegasan, dan gambaran semua materi dan bagian-bagian yang menjadi komponennya sehingga membentuk kesatuan yang indah. Membaca puisi tentunya dapat dilakukan oleh semua orang, tetapi menangkap makna yang tersirat dalam puisi dan menikmati keindahan puisi tentunya tidak dapat dilakukan oleh banyak orang. Sebetulnya dengan

menangkap nuansa yang muncul dari bunyi-bunyi yang terdengar ketika puisi itu dibaca, kita dapat merasakan emosi yang ingin diungkapkan oleh penulisnya. Membaca sekumpulan puisi Ziyatun Ichan siswa SMPIT Az-Zahra, Bandarlampung, kita disuguhkan dengan deretan kata-kata yang lugas tetapi sarat dengan makna. Ziyatun mencoba mengajak pembaca untuk dapat memahami apa yang sedang dia rasakan dan apa yang dilihatnya. Membaca lima puisi karangan Ziyatun Icshan, sebagian besar puisinya memakai sudut pandang orang pertama. Sudut pandang orang pertama itu adalah seakan-akan pengarang menjadi tokoh utama dalam puisi tersebut, biasanya sudut pandang orang pertama memakai diksi aku atau ku. Sudut pandang orang pertama itu terdapat dalam dalam puisi “Peraturan Oh Peraturan”, “Kegagalan”, “Perahu Kemenangan”, dan “ Negriku”. Seperti pada puisi “Peraturan Oh Peraturan” Ziyatun Icshan mencoba memberi

gambaran tentang bagaimana kerasnya dia melawan sesuatu yang tidak ia sukai, tetapi secara terus menerus dilakukan olehnya. Puisi ini dibuka dengan memakai tiruan bunyi onomatope /Teeettt!!!/. Tiruan bunyi onomatope dalam puisi dapat berupa tiruan bunyi hewan, benda mati, atau benda hidup. Panuti Sujiman dalam kamus istilah sastra, onomatope adalah adalah penggunaan kata yang mirip dengan bunyi atau suara yang dihasilkan oleh barang, gerak, atau orang. Pemakaian unsur bunyi onomatope dalam puisi biasanya untuk menekankan makna yang ingin disampaikan oleh penulis. Lebih lanjut, puisi “Peraturan Oh Peraturan” ini berbicara tentang pergolakan hati Ziyatun pada keadaan yang dianggapnya bertentangan dengan hatinya. /Berusaha taat dengan perlahan/ melawan arus perlawanaan/ mengikuti air yang mengalir. Sebagai generasi muda yang peduli dengan negerinya, Ziyatun juga mencoba menulis puisi tentang keadaan yang terjadi di negeri ini. Puisi yang

berjudul “Negeriku” dibuka oleh Ziyatun dengan mengingat kembali bagaimana para pahlawan meraih kemerdekaan. /Semburan darah berceceran/, di bait ini Ziyatun menekankan bahwa kemerdekaan yang kita nikmati saat ini bukan pemberian cumacuma dari penjajah. Kemerdekaan itu diperoleh para pahlawan dengan perjuangan yang gigih dan pengorbanan jiwa raga. Akan tetapi, semua perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan menjadi sia-sia saat ini, karena kita tidak bisa menjaga kemerdekaan tersebut. Ziyatun seakan tidak percaya apa yang sedang terjadi di Indonesia. Penekanan akan hal itu tertuang pada bait ketiga dengan pengulangan kata /Ada apa/. Pengulangan kata tersebut biasanya disebut repetisi anafora. Repetisi anafora adalah repetisi yang mengulang kata atau frasa dengan maksud memperkuat makna yang akan disampaikan pengarang dalam puisinya. Selain menggunakan repetisi anafora, bait ketiga dalam puisi “Negeriku”

dapat disebut sebagai pertanyaan retoris. Pertanyaan retoris merupakan pertanyaan yang diajukan tanpa perlu dijawab, karena jawabannya sudah tersirat dalam jalinan konteks atau jawabannya diserahkan sepenuhnya kepada pembaca atau pendengar. Pada puisi “Perahu Kemenangan” Ziyatun menciptakan kesan optimistis dalam puisinya. Puisi seakan memberikan pesan bahwa kerja keras yang kita lakukan pasti akan mendapatkan hasil yang maksimal. Pada puisi ini, Ziyatun banyak memakai metafora yang memperkuat makna yang terkandung dalam puisinya. Pemakaian diksi Perahu, mendayung, ombak, layar memperkuat kesan optimisme dalam puisi ini. Perjuangan hidup digambarkan sebagai lautan yang luas, terkadang ombak silih berganti datang menerpa perahu yang dinaikinya. Penggunaan kata ombak pada kalimat tersebut merupakan metafora dari ujian kehidupan. Sebagai penulis muda, pemilihan kata dalam beberapa puisi Ziyatun belum

memperlihatkan penguasaan metafora yang kaya. Hal ini tentu bukan suatu masalah jika Ziyatun terus berlatih menulis puisi dan membaca puisi-puisi dari penulispenulis lainnya. Selain itu, penulisan kata juga menjadi hal yang harus diperhatikan oleh Ziyautun, seperti kata negri yang menjadi judul salah satu puisi Ziyatun, adalah penulisan yang salah, jika kita merujuk pada Kamus Besar bahasa Indonesia, kata yang benar adalah negeri. Menulis karya sastra, memang sebuah perkerjaan yang mengasikkan. Mencurahkan isi hati atau pengalaman seseorang di dalam manjalani kehidupan memang menjadi tantangan tersendiri. Banyak membaca referensi karya sastra adalah salah satu cara untuk memperkaya pengetahuan kita terhadap karya sastra itu. Jangan berhenti menulis, teruslah berkarya. Pramoedya Ananta Toer, sorang satrawan nasional mengatakan Menulis adalah berkerja untuk keabadian. Salam


MENTARI

MINGGU, 15 APRIL 2018

13

MAKSIMALKAN POTENSI ANAK DENGAN KONSEP ACTIVE LEARNING BANDARLAMPUNG MPUNG - A Active ti learning dengan metode belajar indoor dan outdoor diterapkan Taman Kanak-Kanak (TK) Dewi Sartika yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Abdi Dewi Sartika. ’’Konsep ini kami terapkan untuk menggali potensi anak secara optimal,’’ terang Ketua Yayasan Abdi Dewi Sartika Dra. Erlis Syarif saat ditemui di sekolah yang berada di Jalan Karimun Jawa 121, Sukarame, Bandarlampung. Menurut dia, sekolahnya menggunakan kurikulum 2013

(K 13) dimana di b l j (K-13), pembelajarannya menggunakan sistem tematik. ’’Jadi anak-anak menerima materi dengan tema berbeda-beda,’’ bebernya kepada wartawan koran ini. Konsep ini lanjut Erlis diterapkan sesuai misi sekolah. Yakni melaksanakan pembelajaran islami yang aktif, kreatif, efektif dan inovatif. Karenanya setiap jumat, anak-anak diajak untuk berkreasi. Seperti menganyam, nencocok getah batang pisang atau buah untuk membuat cat, menggambar, serta melakukan kreativitas lainnya.

S d k untuk k menumSedangkan buhkan semangat berinovasi dalam diri anak, peserta didik diajak untuk membuat robot dari kertas, mewarnai, hingga berkreatifitas menggunakan balok. Selanjutnya kata Erlis, sebagai sekolah yang islami, pihaknya juga mendidik anak-anak untuk lebih mengenal agama Islam. ’’Di sekolah kami, ada program menghafal Juz Amma, hadist, dan shalat lima waktu, dimana pelajar kita yang laki-laki juga belajar menjadi imam shalat,’’ tandasnya. Tidak hanya itu, budaya islami

jjuga dik lk kkepada d anak-anak. k k dikenalkan Seperti kebiasaan menyapa, mengucapkan salam saat bertemu dengan teman, guru, maupun orang tua. ’’Kita juga ajarkan kepada anak-anak untuk berkata yang baik, lembut, dan santun sesuai dengan karakter seorang muslim,’’ pungkasnya. Sementara, Kepala TK Dewi Sartika Selvi Febriana, S.S. menambahkan, pendidikan di sekolahnya juga didukung dengan fasilitas memadai. Seperti ruang kelas full AC, memiliki kolam renang, dan alat permainan anak.

S l i iitu llanjutnya, j Selain TK Dewi Sartika juga memiliki tenaga pendidik yang kompeten dibidangnya. Sehingga setiap anak bisa tertangani dengan baik sesuai dengan karakter masing-masing. ’’Setiap anak memiliki karakter berbeda, sehingga penangannya pun berbeda satu dengan lainnya,’’ tandasnya. Tidak hanya itu, para guru juga selalu berkomunikasi dengan orang tua untuk menginformasikan perkembangan anak. ’’Dengan begitu, kita bisa memantau perkembangan setiap anak,’’ tutupnya. (gie/c1/nui)

FOTO DOK. TK DEWI SARTIKA FOR RADAR LAMPUNG

BELAJAR AKTIF; Dengan menerapkan konsep pendidikan aktif, TK Dewi Sartika berupaya menggali potensi siswa secara optimal.


EVERGREEN 14

MINGGU, 15 APRIL 2018

Tak Segan Tembak di Tempat Para Bandar Narkotika

Luangkan Waktu untuk Berolahraga RIWAYAT HIDUP : Brigjen Pol. Tagam Sinaga : Kepala BNNP Lampung

RIWAYAT JABATAN Kabag Ops Polrestro Jakarta Pusat (2004) Kasat III Tipikor Polda Sumut (2005) Kapolres Labuhan Batu Polda Sumut (2006) Wakapolwil Purwakarta Polda Jabar (2008) Penyidik Utama Tkt Iii Bareskrim Polri (2009) Kapolrestabes Medan (2010) Kabid Strategi Sespimpollemdikpol (2013) Penyidik Utama TKTI Bareskrim Polri (2016) Kepala Bnn Provinsi Sulawesi Tengah (2017) Kepala BNNP Lampung (2017-sampai sekarang) bahkan menyambut baik seluruh upaya perubahan pengedar dan pemakai. ’’Kalau pengguna silahkan datang, lapor ke kita. Akan kita obati, rehab nggak kita hukum,” jelas dia.

persinggahan. Dia menyebut, langkah sigap dimulai dengan upaya menurunkan suplay masuk ke Lampung. ’’Kalau bisa barang masuk ya harus kita putuskan,” sebut dia. Tagam

SALES OTOMOTIF PEMASANGAN IKLAN OTOMOTIF HUBUNGI 0812 74796325 / 0899 2262998

MOTOR HONDA PT.BFI FINANCE INDONESIA 0721.266725 UNIT HONDA BEAT FI 120 TS BE 4150 AI REVO 2009 BE 7685 YG 2011 BE 8872 RD TIGER 2012 BE 3106 CV 09 BE 5538 YE

BE 3552 EB DAN BE 7238 YK MIO J 2013 BE 4586EG SOUL 2009 BE 4155 BW M3 125 CW 2015 BE 4947 AI

JUAL MOBIL

MOBIL NISSAN

HUB

JUAL CEPAT MOBIL SUZUKI CARRY PICK UP FD TAHUN 2017. WARNA HITAM, KONDISI SIAP PAKAI

0822 8896 9090

JUAL MOBIL

HUB

GREAT COROLLA TH 93 , PAJAK HIDUP , BE KODYA , PS PW ,TP HARGA 45 JT NEGO

081279101970

JUAL MOBIL

HONDA JAZZ RS MATIC TH 2010,YG MAU CARI MBL BAGUS KONDISI SIAP PAKAI, MULUS,KAKI2 OK,MATIC,TERWAT,KUNCI SEREP DAN FAKTUR LENGKAP HUB

HARGA 136 JT NG ; TLP/WA

JUAL MOBIL

JUAL MOBIL

KARIMUN GL TH 2014 ,ABU2 METALIC,HARGA 71 JUTA NEGO

NISSAN GRAND LIVINA ULTIMATE 2011 A/T 1,8 AKSESORIS LENGKAP PLAT B PAJAK HIDUP MASIH ORI BODY MULUS MESIN HALUS KAKI2 BAGUS NYAMAN, SIAP JALAN JAUH KM BARU 100 RIBU. HARGA 97 JUTA

082280542626

ERTIGA GX 14 M/T W PTH KNDISI TRWAT 137 JT 081279 475175

ANGKOT AVANZA G ’17 M/T KM RENDAH ,MLS, SPT BARU ,HRG NG ; 0812 71419272

TOYOTA PT.BFI FINANCE INDONESIA 0721 PENWRN UNIT TOYOTA RUSH 1,5 G 2007 BE 2680 J,DAIHATSU XENIA 1,3 XI VVTI 2011 B 1658 KKJ SUZUKI CARRY MEGA 1,5 PU 2016 BE 9842 WD APV ARENA 1,5 GL 2013 BE 2379 YP

08127921350

LELANG MOBIL

JUAL MOBIL

DILELANG TGL 04/04/2018 NISSAN ALL NEW X-TRAIL 2,5 A/T WARNA PUTIH TH 2016 HARGA 320.000.000

INOVA DIESEL V A/T 2012 SILVER KM RENDAH ,TANGAN PERTAMA SPESIAL

0822 80375 757

0813 73643391

JUAL MOBIL

JUAL MOBIL

AVANZA VELOZ 1,5 MANUAL ,SILVER TH 2014 HARGA 149 JT NG

VIOS 1.5 A/T TH 2010 ,WRNA HITAM ,BE KODYA 08.2018,BODY MLS, SERVICE BERKALA AUTO 2000, ASURANSI ALL RISK,VELG BAN BARU HARGA 125 JT

SUZUKI SIDEKICK 1996 MERAH METALIK , AC, PW ,BE KDOYA

085378770577

HUB

0821-8692-0374

HONDA JAZZ IDSI TH 2005 PLAT BE KDY, JUAL CPT HRG NG ,SILVER STONE ,MANUAL HB; 085369824050

SUZUKI BALENO 97 ,KODYA ,HRG NEGO JL.PELITA I NO.21 A,LAB RATU ;081279212424

JUAL MOBIL

HUB

081379311150

HARGA 45JT NEGO HUB

BU COLD DISEL ENGKEL 2007 CANTER, BARANG ISTIMEWA ,PLAT BE KODYA,PAJAK HIDUP ,BAK BESI TINGGI

JEEP WILLIS TQH 61 CAT BODY BARU

ASSALAMUALAIKUM ,BU , DIJUAL CEPAT GRAND MAX PICK UP 2014 AKHIR, KONDISI GRES JARANG PAKAI ,KM 30RB PAJAK HIDUP, SIAP ANGKUT JUALAN

HUB

0853 570 16326 0812 724 07121

HARGA 135 JT NEGO

HUB

HUB

- MITSUBISHI L 300 TH 2016 - MITSUBISHI COLT T120 SS PU TH 2017 - MITSUBISHI COLT T120 SS PU TH 2017 - SUZUKI CARRY PICK UP TH 2016 - SUZUKI CARRY PICK UP TH 2016 - SUZUKI CARRY PICK UP TH 2017

JUAL MOBIL

081379751164

TERIOS R15/16 BE, HITAM MTLIK KM DKT, ASLI L/D TERAWAT HUB;081272595969

HUB

085368449829

JUAL MOBIL

JUAL MOBIL

G.LIVINA HWS ’11 MATIC AN. SNDIRI DR BARU MERAH MAROON PJK BRU ; 082183 662166TUBAN

HUB

HUB

HARGA 90 JT NEGO

JUAL MOBIL

G.LIVINA HWS ’11 MATIC AN. SNDIRI DR BARU MRH MAROON PJK BRU ; 082183 662166

DAIHATSU NISSAN MARCH 1.2 A/T 2011 ,PUTIH

KJG INNOVA TH 2013 BENSIN MANUAL ,SILVER ,RANM BESAR ASLI MLS, HRG NG HUB ; 0811799336

KAWASAKI JUAL CPTNINJA RR MERAH 2013 ,HRG NG ; 082181152648

YAMAHA PT.BFI FINANCE INDONESIA 0725266725 PNWRN UNIT YAMAHA SCORPIO 2252 ,2010 BE 6620 WN ,VIXION 2013 BE 5659 D, MIO 2010 BE 6716 DAN

PT.BFI FINANCE INDONESIA 081369494059 PNWRN UNIT TOYOTA ALL NEW AVNZA 1,3 E VVTI 2012 BE 2965 YI DAIHATSU GREAT NEW XENIA 1,3 2015 BE 2622 JI NISSAN G.LIVINA 1,5 SV 2013 BE 2406 NG FORTUNER 07/08 MATIC , BENSIN ,HITAM .BE KODYA ,FULL VARIASI , 178 JT NG ; 082177952753 JUAL CPT FORTUNER G M/T 2012 ,HITAM , PLAT BE , HRG NEGO HUB ; 082186935909 AVANZA G ’13 HTM BE KDY TGN 1,MLS,JOK KLT DVD MP3 KAMERA V KOOL 141JT NG;081272181941 YARIS S TRD 15/16 B,MATIC, MERAH ,MLS,HRG NG ; 0853 66249679 INNOVA G MANUAL SOLAR , ’14 AGUST ,BE.METLIK ABU2 ,240 JT NG, TP PEMAKAI,KONDSI BGS ; 081369955979 INNOVA DSL V 2014 ,ABU2 A/T MATIC ,ORI HUB ; 081279063126 TP PEMAKAI

MITSUBISHI OUTLANDER PX LTD ’14 MERAH, KODYA KM DKT ASLI L/D TRAWAT : 081279030004

0812 7258 7755

HARGA 58JT NEGO

0822 79990009

HUB

Kaur Bin Ops Reserse Polres Nias (1988) Kaur Bin Plin Spn Sampali (1990) Pamin Ops III Siaga Polda Sumut (1991) Wakapolsekta Belawan Polrestabes Medan (1993) Kasat Sabhara Polres Tapsel Polda Sumut (1995) Kapolsekta Medan Sunggal Polrestabes Medan (1998) Kanit Kejahatan Keras Polda Metro Jaya (2000) Kapolsektro Kemayoran Polrestro Jakarta Pusat (2001) Kapolsektro Sawah Besar Polrestro Jakarta Pusat (2003)

Tapi, soal kebijakan bandar narkoba, Tagam cukup keras. ’’Kalau memang Bandar, lebih baik berhenti. Karena kalau kami temukan di lapangan dan melakukan perlawanan, kita tembak ditempat. Contohnya kan ada, dua meninggal ditempat. Bandar yang kita amankan pun langsung kami miskinkan,” tegas dia. Lampung yang berada pada peringkat delapan tentang pengedaran narkotika menjadi pendorong Tagam. Dia berharap penurunan peringkat setidaknya hingga ke posisi 15. Untuk itu pihaknya akan terus berupaya selama masih menjabat sebagai Kepala BNNP Lampung. Guna mengejar terget itu, BNNP Lampung berkoordinasi dengan Kejati Lampung, Mapolda Lampung, Kementrian Hukum dan HAM, Balai Besar Pengwasan Obat dan Makanan (BBPOM) Bandarlampung, Badan Intelegen Nasional (BIN) Lampung, dan stakeholder lainnya. ’’Peringkat delapan Lampung secara nasional ditetapkan berdasarkan penelitian 2017. Hasil kerja kita dilihat dua hingga tiga tahun lagi. Yang jelas harus bisa menurunkan peredaran narkotika. Saya punya tanggung jawab moral dan moril kalau tidak saya gagal dong,” ujar Tagam. (rma/sur)

081279518219

JUAL MOBIL

JUAL CEPAT BALENO TH 2002 ,A, SERANG BANTEN ,WRN HITAM ,MANUAL, PAJAK TELAT 2017 BLN 12

HARGA 44JT NG

HUB

Nama Jabatan

HUB

BANDARLAMPUNG – Nama besar Badan Narkotika Nasional (BNN) sudah tak asing lagi di telinga masyarakat. Lembaga ini beraksi mengamankan pengedar dan pemakai narkotika di seluruh penjuru Indonesia, dengan turut menyebar kantor perwakilan di setiap daerah. Peran besar lembaga ini tentu tak terlepas dari sosok pemimpin di dalamnya. Nah, untuk Lampung, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) dikepalai oleh Brigjen Polisi Tagam Sinaga. Bertugas di BNNP Lampung sejak November 2017, Tagam –sapaan akrabnya– mengatakan bakal berupaya maksimal membrantas pengedaran narkotika di Lampung. Terlebih Lampung masuk nomor urut delapan dari hasil penelitian nasional tentang pengedaran narkotika. Tagam yang sebelumnya bertugas di BNNP Sulawesi Tengah ini mengaku harus bekerja lebih keras saat di Lampung. Sebab, pengguna dan pengedar lebih banyak di Lampung. Lokasi yang sangat berpotensi kerawanan karena berada pada perbatasan menurut Tagam membuat Lampung mulai udara, laut, dan darat dikenal sebagai provinsi

HUB

perairan Lampung. ’’Terakhir snorkeling sama keluarga naik kapal. Liburan ke Pahawang, ke Bukit Mas, juga lihat pemandangan,” sebut dia. Tagam memang menegaskan kepada keluarganya untuk memahami pekerjaan yang dilakoninya. Dia menjelaskan, dukungan keluarga sangat tinggi. Itu pula yang membuat Tagam cukup terbiasa berada jauh dari keluarga. Karena sebelumnya juga Tagam mengaku telah menjadi bagian dair Direserse yang membuatnya cukup jarang bertemu keluarga. Soal kesukannya berolah raga, Tagam memang selalu menyelipkan waktu khusus dalam satu minggu untuk selalu berolahraga. Setiap Selasa dan Kamis misalnya, Tagam selalu bermain badminton bersama rekan-rekannya. Kemudian setiap rabu, Tagam menyempatkan fitness. ’’Ya saya usahakan tetap sehat. Kita setiap rabu fitness. Saya juga setiap pagi minum jus dan makan singkong atau pisang. Saya memang sudah dua tahun mengurangi makan nasi,” pungkas dia. (rma/ sur)

HUB

MEMILIKI pekerjaan penuh resiko tak lantas membuat Brigjen Polisi Tagam Sinaga tak membagi waktunya untuk hal lain. Dirinya mengaku tetap meluangkan waktu untuk keluarga dan untuk kesehatannya dengan tetap berolah raga. Keluarga yang jauh di Jakarta tak menjadi halangan untuk bertemu. Tagam menceritakan, setiap minggunya dia dan istri selalu bisa bertemu. Entah itu harus dia yang pulang ke Jakarta atau sang istri yang mengunjunginya ke Lampung. Bicara Lampung, Tagam ternyata sempat jatuh cinta pada masakan khas Lampung saat pertama kali sampai di Lampung. ’’Saya pertama datang makan ikan dikuahin yang warna kuning itu, yang katanya namanya Ikan Pindang. Enak sekali, saya jadi suka dengan pindang,” sebut Tagam yang memancarkan wajah cerianya. Tagam juga sering mengajak keluarganya ke Lampung sekedar untuk berlibur. Belum lama ini, dia bersama keluarga ke Pahawang, Pesawaran untuk menikmati indahnya alam bawah

082377447722


IKLAN BARIS MINGGU, 15 APRIL 2018

15

Wah Sudah Laku

IKLAN BARIS JITU & PROPERTY KEHILANGAN

SEDOT WC DAN LIMBAH

OBAT HERBAL

INTERIOR

ARSITEKTUR

LOWONGAN

STNK R2 BE 8091 AE NOKA. RXS057522 NOSIN. 4X856374 AN. M,SYUKRI HASAN HB;081369162220 STNK R4 BE 1219 BY NOKA MNBJXXARJJBY52987 NOSIN. M6JAY52987 AN. ADE LIDYA FEBRI YANTI STNK R2 BE 4208 AE NOKA MH31FD004EJ047206 NOSIN 1FD047210 AN ELVI SUSIYANTI STNK R2 BE 8811 RY NOKA. MH31DY002DJ122747 NOSIN. 1DY122758 AN. ELI SETIAWAN STNK R2 BE 3834 AP NOKA. MH1JFR118FK162934 NOSIN. JFR1E1159901 AN. SUHETI

CV ALFEN MANDIRI SDOT WC, LMBAH/SEPTITANK, MMPET, SLURAN AIR DLL DLM/LUAR KOTA STNDBY 24JAM: 085358689777/0853 7766 9976 JASA SEDOT WC DAN ATASI MAMPET SAL.AIR ,WASTAFEL LUAR DALM KOTA 24 JAM ; 082180803233-08211710000 SEDOT WC LIMBAH& MAMPET 150 RB DLM & LUAR KOTA BDL HB; 085377528233 DOLI

KANKER,TUMOR ,BENJOLAN; KAPSUL KUNIR PUTIH & BENALU TEH “HERBAL ASLI INDONESIA” SECR TRDSIONL DIGUNKN U/ PGBTN & PNCGHAN PENYAKIT KANKER, TUMOR, MIOM,KISTA, BEN JOLAN,UCI-UCI, LIMPOMA ,KELOID,TIROID, LEUKIMIA, GETAH BENING, SINUSITIS DAN PROSTAT, PRODUKSI:CV TUGU BINTANG SAKTI (YOGYA KARTA) HOTLINE: 0724. 4539655081392664200, AGEN LAMPUNG; 081272863555 M. KUTUS-KUTUS MMBANTU PENYEMBUHAN LBIH DR 70 JNS PNYAKIT: 085789409335/ 08583223 7460

KITCHEN SET ,TV CABINET ,KAMAR SET , CAFE, KANTOR DLL , DESAIN 3D ; 081278816884

DESAIN, RAB, PEMBORONG, RENOVASI, ATAP, PLAPON, INTERIOR ,TAMAN ; 0812 78816884

HEQAFTA TEKNIK SERVICE SMW MEREK, PRBOLA, AC, KULKAS, MSNCUCI DLL,KHS PRBOLA,AC, TRM PSNG BARU, 081271534709 / 085382064820 NUR RIZKI SRVICE PNGGIL, AC, KULKAS, M.CUCI DLL HP. 0813 79030079 GRNSI 1 THN MAKMUR SRVICE PGGL KLKAS FREZERR MSN ,CUCI P.AIR, DISPNSR; 081279162366 (GRANSI)

MAKEUP PGNTIN MRH MERIAH BRKWKLTS,WISUDA,PSTA ,CEK IG,TURAYA MAKEUP LPG ;WA 089699279765

DBTHKN MENDOR PRDKSI D3/ S1.MGTHUI MSN2 PRDKSI ,PRIA ,PGLMN,MIN 1TH,KRJA KRS KRM POBOX 1003 DBTHKN TEKNIK ELEKTRO ARUS KUAT STM/LIST/S1,PHM DGN ARUS KUAT,MGRT GENSET,PRIA,PGLMN MIN 1TH,KRM KE PO BOX 1003 DBTHKN TEKNIK MSN INDUSTRI ,PRIA .D3.S1 ,PHM DGN MESIN2 INDUSTRI PABRIK,PGLMN MIN 1TH,KRM KE PO BOX 1003 DIBUTUHKAN SUPIR LINTAS 50 ORANG ,PRIA,JUJUR, MENIKAH 25-55 TH ,SIM B1, PENGALAMAN HUBUNGI ; 085100485588

LAHAN L:11,5HA,SHM,LOK PGIR JLN 1KM SBLM BENDUNGAN BATUTEGI,TANGGAMUS COCOK U/KAPLINGAN,TMPT WST,VILLA, LPNGN GOLF PERKEBUNAN; 082377185075

TNH L.3.400M BLKG TBT SB,JADI L.300M DS.PGLAN L.122:124 JT.AGG, L7RT, 5RT,BJR SARI,6RT PCSL HB; 081270205607-0721. 782203

TNH LS 3HA, PNGGR JLN DKT PNTAI SELAKI, VIEW LAUT HB: 085366823888/ 08117233888

JUAL RUMAH

HUB

DIJUAL RUMAH 2 LANTAI LUAS 195 M2 DENGAN HARGA 475 NET.DI JL.RE MARTADINATA GANG BAROKAH LK 1,KETEGUHAN.TELUK BETUNG TIMUR KETERANGAN SERTIFIKAT SHM.PBB

HUBUNGI/WA TANPA PERANTARA

081273804454

JUAL RUMAH

850 JT NEGO

JUAL RUMAH PERUM CEMARA INDAH TANJUNG SENANG BDL 2 LANTAI, LT 202 M2, 5 KT, 3 KM SHM

082175834336 082181314178

082179746611

JUAL RUMAH

JL.H.ICHWAN RIDWAN RAIS TJG BARU KEDAMAIAN LT.1.273M2 LB.600M SERTIPIKAT HARGA NEGO

082186759838

DIKONTRAKAN RUMAH

DIKONTRAKAN RUMAH PERUM KORPRI BLOCK C.13 NO. 20 SUKARAME B.LAMPUNG 5, KT, 5KM, GARASI 4 MOBIL, HALAMAN LUAS LISTRIK 220 WAT, SUMUR BOR.

KOKO

082186144491

JUAL RUMAH

PERUM GREEN HILL BLOK D5 LT 120 LB 88 SUSUNAN BARU BLKNG KODIM KOTA

081369383908 NASRULLAH

JUAL RUMAH

RUMAH DEKAT PINTU TOL ITERA KOTA BARU,SHM LT.421M2 LB.160M2 ,KT 6, KM 2 ALAMAT DESA BANJAR AGUNG KEC.JATI AGUNG LAMSEL HRG 450 JT NEGO

082177205799

RUMAH DIKONTRAKKAN

RMH KONTRAKAN ,SHM, LT.11X15M2, 11 KTM, 8 KM, LOKASI BELKG UIN, SAMPING KANOTR DINAS PU SUKARAME

HARGA NEGO

08117229196

JUAL RUMAH

RUMAH BARU 2 LANTAI, KEDAMAIAN LT 300M2, LB 250M2, 5KT, 4KM, 1 TMPAT CUCI, AIR BOR ADA AIR PANAS DINGIN, WATER TOWER MOBIL MASUK 4, HALAMAN BELAKANG LUAS

0853 6682 3888 0811 7233 888

0821 77205799

0853 6829 8079 JUAL TANAH

TANAH DIJUAL LOK. PANGLIMA POLIM GG. SAWO LT 300M,SHM

HARGA 160 JT

082371256669

08127283905 (SUKIMIN)

HUB

HUB

LUAS TNAH 480M2, BNGUNAN 8X12, 1 LANTAI, GRSI, KMAR3+3KMAR MANDI, LOKASI WATES LAMTENG, 200M DARI JL LINTAS SUMATRA

TANAH LS/400M2 JL.RA .BASYID FAJAR BARU (DEPAN KANTOR KADES) LAMPUNG SELATAN

TANAH JL.URIP SUMOHARJO SAMPING PANTI ASUHAN BUDI ASIH

0811793206

JUAL RUMAH

JUAL TANAH

JUAL TANAH

DIJUAL RUKO (BU) 3LT JL. WR. MONGINSIDI NO. 169B (DPN BANANA FOSTER) SHM,

RUMAH 2 LANTAI, LT.125M2, LB. 150M2,SHM,5KT,3KM, LIST 2.200,SUMU BOR DAN PAM, TOWER AIR 3, AC 3,LENGKAP DENGAN PERABOT,LOKASI PERUM BUKIT KENCANA JL.PANGERAN ANTASARI HARGA 850 JT NEGO

0821 1111 7759 0821 7669 4946

081279155798

DIJUAL RUKO (BU)

HUB

0853 6682 3888 0811 7233 888

RUMAH LOKASI STRTEGIS DEPAN UNIV.SABURAI ,JL.IMAM BONJOL GG.SUKSES NO.52 LANGKAPURA LT.380 M2, LB.190M2, KT.4 KM.3 HARGA 800 JT NEGO

JUAL RUMAH

HUB

HUB

08119470855 - 08119470852 08118468660 - 08117208466

RUMAH 2 LANTAI, WAYHALIM PERMAI, 7KT,4KM +2 TMPT CUCI, LT -+ 300M2, LB -+ 400M2, LSTRK 3500W, AIR BOR + PAM BERIKUT ISI

082185933131 0822 80613131

HUB

HUB

0822 82488133

HUB

HUB

PRUMAHAN BUMI PUSPA KENCANA BLOK B NO.1 LT.219M,TIPE 60,AMAN DEKAT POS SATPAM , HARGA NEGO

JUAL RUMAH

JL. CIPTO MANGUN KUSUMO GG.KIWA,KEL.KUPANG TEBA, LT : 254 M2,LB : 105 M2, 4 KAMAR TIDUR

PENGUMUMAN PEMANGGILAN AN.AGUS ANSORI ,SE.KE PT.MNC FINAN CE PRINGSEWU ALAMAT: JL. P.SEBESI INDAH SEJAHTERA V BLOK G NO.10 HB; 072921823

JUAL RUMAH

RUMAH FULL BANGUNAN LT.180M2 FULL BANGUNAN, 4KT,3KM,R.TAMU,R. MAKAN,DAPUR,GARASI,R.KELGA,KOLAM RENANG + TAMAN DILANTAI 2,SHM,LOKASI NATAR

HARGA 1,1 M NEGO

081210084840

DIJUAL DEPOT AIR MINUM

RUMAH PRUM BUKT MAS BLOK F NO.4 JL.P.TIRTYSA SUKABUMI BDL 2LT.LT.80M2 LB.76M2,2KT, 1KM, LIST 2000 W

DIJUAL DEPOT AIR MINUM ISI ULANG DENGAN SPESIPIKASI 3 TABUNG, 11 PILTER 2 KRAN PENGISIAN DAN 1 PENCUCIAN BESERTA 90 PULUH GALON GRAND HARGA NEGO

082183094666

082176499100

JUAL RUMAH

HUB

RUMAH TIPE 36, 2KT, 1 KM ALAMAT PRUM BUKIT MAS BLOK E NO.14 HARGA NEGO

JUAL RUMAH

0811729162

HUB

RUMAH DIJUAL

JUAL RUMAH

RUMAH DI PERUM BUKIT RAYA DEKAT RS URIP SUMOHARJA..LT.120 M2..LB 100 M2..3 KAMAR TIDUR 1 GUDANG. 4.WC.. HARGA NEGO

HUB

08119470855 - 08119470852 08118468660 - 08117208466

RMH 4KT,2KM,GARASI 2 MBL, JL. PURNAWIRAWAN 6 GG.A.LATIEF GUNUNG TERANG LANGKAPURA BDL HARGA 780 JT NEGO

DIJUAL TANAH LUAS 422 M2 STRATEGIS 200 M DARI MBK. SHM (BELAKANG ECAYO)

HUB

08119470855 - 08119470852 08118468660 - 08117208466

JUAL RUMAH

HUB

JL PANCASILA NO.108,KEL. SUMBER REJO KEMILING,LT : 1.908 M2,LB : 655, 7 KMAR TIDUR + KOLAM RENANG

JUAL RUMAH/DIKONTRAKKAN

JUAL RUMAH

HUB

08119470855 - 08119470852 08118468660 - 08117208466

JL. BUNGA SEDAP MALAM 1 GG. AMANAH 3 NO.55,KEL. PERUMNAS WAY KANDIS, LT 300 M2,LB 381,5 M2, 2 LNTAI 6 K.TDR

TANAH DIJUAL CEPAT

KOSAN KHSS PUTRI DPST KOTA ,AIR & LSTRIK (GRATIS), SISA 4 KMR LG, 400RB/BLN, HUB: 085366214063

HUB

PERUM SUMBER JAYA JL.IKAN PAUS NO.40,KEL. GEDUNG PAKUON, LT 645, LB 629,5 M2

DBTHKN KRYWTI TOKO,JUJUR, RAJIN ,GAJI 2JTAN,JL.P.POLIM NO.12 BDL ;085709810380 DOLPHIN SPA HOTEL SAHID BTH SEGERA 1 KASIR,2 GRO SYARAT MENGERTI & PAHAM SISTEM KERJA DI INTERTAINMENT PNAMPILAN MNARIK BERSEDIA PLG MLM/KERJA SHIFT;082117194460 DBTHKN HRD P/W MX 35,S1/ D3,PGLMN MIN 1 TH, KRM KE PO BOX 1003

TNH WAYHUI G.SULAH 6001000M2, SOETA DAN NATAR 3-7 HA ; 0853 68204468

HUB

JUAL RUMAH

JUAL TNH+BANGNAN RMH LT.1.800M2 ,JL.PURNAWIRAWAN GUNTER BDL,SHM; 085269111650

KOS-KOSAN

DBTHKN SGR KRYWN KHUSUS PRIA,BAG MMBR SHKAN TENDA, ULET,RAJIN, JJR,PKRJ KRS, LLSN SD/ SMP,LMR ANTR LSG KE. JL.SOEKARNO HATTA RUKO RUKO BUKTI KENCANA 3 NO.8 SUKRME BYPASS HUBUNGI ; 0721-70772 DBTHKAN SEGERA TENAGA PENDIDIK DI SDIT INSAN KAMIL, SYARAT: LULUSAN S1 PNDIDIKAN DIUTAMAKN PGSD/PGMI BERKAS LAMARAN TULIS TANGAN DAN DIANTAR LANG SUNG KE ALAMAT JL KARIMUN JAWA NO 121 SUKARAME BANDAR LAMPUNG (PALING LAMBAT 30 APRIL 2018)

DISEWAKAN KONTRAKAN & KOST2AN MINIMALIS DKT MBK& KEDAMAIAN BAGUS/ PARKIR LUAS; 081368605483/ 082179848989

HUB

JUAL RUMAH

HUB

08119470855 - 08119470852 08118468660 - 08117208466

JUAL RUMAH

TANAH

HUB

HUB

JL. AMIR HAMZAH NO 17 A KEL. GOTONG ROYONG LT/LB : 187M2/110 M2

JUAL TNH L.1463M2. SHM.LOK. RM.IBU GAMBRENG JL. SUKARNO HATTA SUKAMNJUR KEL.BUMI KEDAMAIAN BDL ,DPN GUDANG YAMAHA HUB; 085269164530

HUB

JUAL RUMAH

JUAL TNH SERTIFIKAT ,TP , LS. 1000M,DEPAN DELER HINO HAJIMENA HB ; 081366585924

SBDG TNH LS.1500M2 BERIKUT TOKO DIATASNYA LETAK DI JL.LET.JEND RYACUDU (DUA JLR KORPRI) HRG 5 M NEGO ; 0721.773006

HUB

RMH PRUM BUMI ASRI KEDAMAIAN LT.154M2 LB.220M2,SHM, HUB ; 0811720797 RMH JL.ANDALAS SUKABUMI NO.56 LB.300M2 ,4 KT, 2 RT ,HRG 750 JT NG , 085379688813

HUB

RUMAH DIJUAL

HUB

RUMAH DIKONTRAKKAN DIKNTRKN RMH JL.SULTN HAJI PRM KOTA SPNG PRMAI BLOK D NO.12 ,MIN 2TH,3KT,2KM, HB; 0852 16171815-08121054160 RUMAH 2 LT,3KT,2KM,GARASI,S. BOR.DI JL AKASIA TA 6 NO 11 BTN 3; 085769761440

HUB

OVER KONTRAK RMH BESERTA PERALATAN SALON ,JL.JEND SUPRAPTO NO.100 HB; 082183825999

OBAT KHUSUS WANITA ANDA TELAT BULAN?SOLUSI CPT & TPAT UTK MLNCRKN HAID SECARA TERA TUR, DLM JNGKA 3 JAM DIJAMIN LANCAR 100% GRNSI& TNP EFEK SMPNG HUB 082333794444/ 0823339 76999

HUB

BUTUH DANA? SEHARI CAIR CUKUP JAMINKAN BPKB MOBIL/ MOTOR,MELAYANI TAKE OVER, LEASE BACK HUB CHANDRA (KREDIT PLUS) 081278713456

SALON

HUB

DANA TUNAI

SERVICE

LOWONGAN KERJA DIBU TUHKAN EDITING PHOTO ATAU VIDEO MINIMAL SMA/SMK MULTIMEDIA MENGUASAI PHOTOSHOP .DAN SIAP BEKERJADLM TIM LAMARAN DI BAWA LANGSUNG KE HENDRA FOTO JL.RADEN INTAN NO.78 TANJUNG KARANG BANDARM LAMPUNG LAMARAN DI TUNGGUPALING LAMBAT 1 MINGGU SETELAH IKLAN TERBIT KAMI PERUSAHAAN YG BERKEMBANG DI BIDANG SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH MMBTHKN MARKETING YG ULET, JUJUR DAN KERJA KERAS BG YG MINAT BISA TELP/SMS KE 081383284340085781661688 WA

082282490001 081369391005


LAMPUNG RAYA 16

MINGGU, 15 APRIL 2018

LAMPUNG SELATAN

Tingkatkan Pengawasan Tempat Hiburan PRINGSEWU – Pengawasan terhadap tempat hiburan di Pringsewu akan terus dilakukan. Penutupan terhadap lokasi yang masih membandel dan tidak mengikuti aturan akan diterapkan. Kepala Satpol PP Pringsewu Edi Sumber Pamungkas mengatakan, pengawasan tempat hiburan seperti karaoke akan ditingkatkan. Khususnya terkait perizinan lokasi tersebut. ’’Semua karaoke akan diperiksa. Ini dilakukan bersama Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Penanaman Modal,” kata Edi. Salah satu tindakan tegas adalah menyegel dengan cara memberi rantai pintu masuk Momo Karaoke. Pasalnya, lokasi tersebut tetap beroperasi setelah disidak pada Rabu (11/4). Pada bagian lain, langkah Pemkab Pringsewu dengan menutup sementara karaoke yang melakukan pelanggaran dan izin operasional habis, didukung Gerakan Nasional Anti Narkoba (Ganas Annar) Pringsewu. Ketua Ganas Annar Pringsewu Auladi Rosyad menyatakan, keberadaan karaoke tersebut meresahkan masyarakat. Terlebih, saat sidak yang dilakukan tim Pemkab dan DPRD Pring sewu, ditemukan minuman keras pada tempat hiburan yang berada di Jalan K.H. Gholib, Pringsewu. ”Ini tentu memprihatinkan. Tempat-tempat seperti inilah yang memiliki

potensi besar beredarnya narkoba, minuman keras dan berbagai kemaksiatan lainnya,” tegas Auladi. Dilanjutkan, Ganas Annar siap bersinergi dengan Pemkab Pringsewu dan masyarakat untuk menciptakan Pringsewu bersih dari narkoba dan miras serta terhindar dari pekat (penyakit masyarakat). Diketahui, dua karaoke di Pringsewu disegel, Rabu (11/4). Yakni King Family dan Momo Karaoke di Jalan K.H. Gholib, Pringsewu. Penyegelan menindaklanjuti hasil hearing antara DPRD dengan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Penanaman Modal (BPPTSPPM); Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata; serta Satpol PP. Sebelumnya, tim Pemkab dan DPRD Pringsewu melakukan sidak. Kali pertama, King Family Karaoke di Jalan K.H. Gholib Pringsewu. Pada lokasi yang diakui sebagai karaoke keluarga ini, ditemukan sejumlah pelanggaran. Tim mengamankan enam wanita yang diduga pendamping lagu (PL). Lokasi tersebut kemudian disegel untuk sementara waktu. Dari sini, tim melanjutkan sidak ke Green Family Karaoke. Lalu ditemukan izin mendirikan bangunan (IMB) yang tidak sesuai dengan peruntukan.  BPPTSPPM mengimbau pengelola karaoke membenahi IMB.  (sag/c1/ais)

Lengkapi Sertifikat Veteriner atau Ditahan KALIANDA – Ternak atau bahan asal hewan (BAH) dan hasil bahan asal hewan (HBAH) yang akan dikirim ke luar Lampung harus memiliki sertifikat veteriner yang diterbitkan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Lampung Selatan. Dokumen tersebut sebagai kontrol dan persyaratan kelengkapan administrasi perjalanan melalui karantina pertanian Kepala DPKH Lamsel Arsyah Husein mengatakan, sertifikat veteriner merupakan surat atau dokumen yang ditandatangani oleh dokter hewan berwenang dan petugas paramedik veteriner. ”Jika masyarakat atau pihak perusahaan yang akan membawa ternak, BAH dan HBAH keluar atau masuk ke wilayah Lampung Selatan tidak membawa sertifikat veteriner, maka barang bawannya akan ditahan oleh balai karantina,” tegas Arsyah. Dilanjutkan, jika dalam beberapa hari tidak juga diurus sertifikat veterinernya, maka pihak perusahaan atau masyarakat harus merelakan barang bawannya tersebut dimusnahkan. Sebab barang tersebut dinilai illegal.

Arsyah menjelaskan, untuk mendapatkan sertifikat veteriner tidak dipungut biaya. Pemohon cukup membawa surat permohonan yang dilampiri dengan surat pemeriksaan medik atau paramedik veteriner atau hasil pemeriksaan laboratorium (khusus breeding farm dan ternak babi). Kemudian surat KUPT Puskeswan yang menyatakan ternak yang akan dibawa dalam kondisi sehat. “Jika semua berkas sudah lengkap, barulah Dinas Peternakan Lamsel bisa menerbitkan sertifikat veteriner tersebut untuk diberikan kepada pemohon,” sebut dia. Terkait keamanan hewan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Tanggamus membentuk pasar ternak dan pos check point. Pasar ternak berfungsi melindungi ternak unggulan agar tidak terjual dan tetap terjaga populasinya. Sementara pos check point berada di Puskeswan Kecamatan Pugung. Lokasi itu menjadi tempat pendataan masuk dan keluarnya ternak ke Tanggamus. Pada pos tersebut, kesehatan ternak juga akan diperiksa. (iwn/ rnn/c1/ais)

FOTO DISKOMINFO LAMPUNG SELATAN

ANTISIPASI PENYIMPANGAN: Penandatanganan MoU pencegahan, pengawasan, dan penanganan permasalahan maupun penggunaan alokasi dana desa yang dilakukan Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan dan Kapolres AKBP M. Syarhan.

Jangan Takut Diawasi, Gunakan DD Sesuai Aturan!

KALIANDA – Penggunaan dana desa (DD) harus benar-benar diperhatikan. Sebab dalam pengawasannya, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan bekerja sama dengan polres setempat. Ini dituangkan dalam MoU pencegahan, pengawasan, dan penanganan permasalahan maupun penggunaan alokasi dana desa. Penandatanganan dilakukan Bupati Zainudin Hasan dan Kapolres AKBP M. Syarhan. AKBP M. Syarhan mengatakan, langkah tersebut menindaklanjuti kerjasama Kementerian Dalam Negeri

dan Kementerian Pembangunan Desa dengan Polri, pada 20 Oktober 2017 lalu. Tujuannya mengantisipasi terjadinya penyelewengan, sehingga dana desa bisa dimanfaatkan dengan tepat. ”Kapolri berharap tidak ada pembangunan yang terhenti karena kepala desanya terbentur hukum. Atau kepala desa takut menggunakan dana. Karena itu, kita bersama-sama melakukan pengawasan,” kata Syarhan. Dilanjutkan, pihaknya diberi waktu per triwulan untuk melaporkan sejauh mana kegiatan pembangunan yang dilakukan pihak desa melalui dana yang diterima.

”Mudah-mudahan dengan adanya MoU ini, kepala desa bisa diawasi, dan bekerjasama dengan babinsa serta bhabinkamtimbas,” sebut dia. Sementara Bupati Zainudin Hasan berharap aparat desa tidak perlu takut dengan kerjasama pengawasan dana desa antara Pemkab dengan Polres Lampung Selatan. ”Kepala desa seharusnya bersyukur, tidak usah takut. Justru ini membantu mengamankan saudara dan tidak banyak gangguan untuk bekerja agar lebih baik,” tegas Zainudin. Secara teknis, terus Zainudin, aparat akan mendampingi dan membimbing

kepala desa. Pengawasan fisik hasil pembangunan juga akan dilakukan. ”MoU ini bukan untuk menakutnakuti. Kalau tidak mau diarahkan dan diawasi, siap-siap saja diborgol kejaksaan, polisi, dan KPK. Untuk itu, saya berharap hasil kerja 2018 ini tidak ada lagi temuan-temuan (penyimpangan,” ujar Zainudin. Pada bagian lain, dana desa tahap pertama sebesar 20 persen di Lampung Selatan sudah dicairkan ke rekening desa. Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Intji Indriati mengatakan, pencairan untuk 256 desa itu dilakukan

bertahap sesuai pengajuan dari Dinas PMD. ”Terakhir, kita proses sekitar 85 desa dan sudah ditransfer ke rekening desa,” kata Intji. Untuk dana desa tahap pertama, dianggarkan Rp45.103.956.400. Terpisah, Kepala Dinas PMD Lampung Selatan Dulkahar mengharapkan aparatur desa bisa secepatnya melakukan pembangunan sesuai APBDes yang telah direncanakan. ”Sekarang sudah memasuki pertengahan April. Paling tidak, Juli mendatang sudah bisa dicairkan untuk DD tahap II,” kata dia. (rls/ idh/rnn/c1/ais)

Mutakhirkan Data Wajib Pajak GEDONGTATAAN – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pesawaran memutakhirkan data wajib pajak pada enam kecamatan tahun ini. Langkah tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya surat pemberitahuan pajak terutang (SPPT) ganda dan tidak sesuai objek di lapangan. Kepala Bapenda Pesawaran Wildan mengatakan, pendataan tersebut ditargetkan selesai tahun ini. ”Kita mengantisipasi ada wajib pajak yang memiliki SPPT dobel dan tidak berada di tempat. Kemudian SPPT tidak sesuai dengan objek pajak

yang ada,” kata Wildan. Sebelumnya tahun lalu, kegiatan serupa dilakukan pada lima kecamatan. Yakni Tegineneng, Negerikaton, Gedongtataan, Waylima, dan Wayratai. Sisanya, Kecamatan Telukpandan, Kedondong, Padangcermin, Waykhilau, Margapunduh dan Punduhpedada. ”Meski dilakukan tahun lalu, bukan berarti pemutakhiran lima kecamatan sudah selesai. Ini akan dilakukan berkelanjutan,” sebut dia. Mantan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pesawaran ini menuturkan, pemutakhiran

data dilakukan berkoordinasi dengan satuan kerja terkait seperti Dinas Perizinan dan Badan Pertanahan Nasional (BPN). ”Tolok ukur kenaikan target disesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dari 2016 sampai 2020. Karena itu, kita gencar memutakhiran data. Kita juga gandeng BPN. Sebab lahan atau bangunan yang sudah bersertifikat secara otomatis sudah terdata untuk SPPTnya,” urainya. Lebih lanjut Wildan menuturkan, untuk target PBB tahun ini mencapai Rp5,5

miliar. Bagi desa yang tidak mencapai target, tidak akan menerima bantuan dalam program Gerakan Desa Ikut Sejahtera (Gadis). ”Itu salah satu syarat mendapat program. Desa harus lunas PBB,” tegasnya. Wildan menyatakan, pihaknya bekerja sama dengan ahli IT dan akademisi guna membuat program atau aplikasi pengecekan sekaligus pembayaran PBB berbasis IT. Di mana, setiap masyarakat yang ingin mencetak SPPT, bisa dilakukan melalui smartphone ”Jadi, kalau wajib pajak lupa bawa SPPT,  bisa buka melalui

aplikasi tersebut. Lalu di-print out dan bayar melalui bank yang sudah bekerja sama dengan pemda,” sebut dia. Sebelumnya, langkah serupa dilakukan Badan Perpajakan dan Retribusi Daerah (BPRD) Lampung Selatan. Satuan kerja itu mendata ulang wajib pajak yang dinilai sudah tidak sesuai. Sosialisasi pendataan ulang wajib pajak dilakukan di seluruh kecamatan. Sebab selama ini banyak SPPT yang terbit, namun pemilik bangunan atau bidang tanah tidak berada di kabupaten itu. Akibatnya, petugas kesulitan melakukan penagihan. (ozi/c1/ais)


METROPOLIS MINGGU, 15 APRIL 2018

04:43

Bukan Sekadar Berita!

12:01 15:20 18:02 19:11

Gulung...

Dari Hal. 20

Sempat dibawa ke rumah sakit, namun nyawa keduanya tidak tertolong. Sementara dua kurir lain yakni Rafi Febrianto (31), warga Bukit Kemuning, Lampung Utara dan Hendrik (34), warga Pesawahan, Telukbetung Selatan berhasil ditangkap. Keduanya juga terpaksa di hadiahi timah panas di kakinya lantaran hendak kabur. Dari penangkapan itu, petugas menyita 6 kilogram sabu-sabu. 8 handpone, dan satu unit mobil Sigra serta senjata api rakitan. Kasi Intel BNNP Lampung Richard Tobing menambahkan petugas melakukan penangkapan jaringan itu saat bertransaksi di Jalan Raden Gunawan Hajimena Natar, Lampung Selatan, Rabu (10/4). Awalnya petugas mendapat informasi dari masyarakat mengenai adanya pengiriman sabu-sabu dari Lubuk Linggau, Sumatera Selatan ke Lampung. Tim Brantas BNNP Lampung kemudian melakukan penyelidikan. Saat itu Rafi Febrianto dan Wiko Novian sedang menunggu kedatangan penerima barang haram tersebut di samping salah satu minimarket. Hendrik datang, ketiganya kemudian melakukan serah terima. Petugas langsung bergerak melakukan penangkapan. Rafi dan Hendrik mengaku diupah Rp60 juta sebagai kurir sekali jalan. Upah diberikan oleh Alam. “Kemudian kami melakukan pengembangan dan menangkap bandar dari jaringan ini yakni tersangka Alam di Serang, Banten,” jelasnya. Saat itu sang bandar sedang bersembunyi di rumah rekannya di Serang. Saat ditangkap, Alam sedang menyaksikan pertandingan sepak bola di televisi. Namun, ia berusaha melawan dengan mengeluarkan senjata api dan berusaha menembak petugas. Gulung Jaringan Ekstasi Selain mengungkap jaringan sabu 6 kg, BNNP Lampung juga berhasil meringkus jaringan pengedar narkotika jenis pil ekstasi sebanyak 1300 butir. Peredaran pil haram ini diduga dikendalikan narapidana di Lapas Narkotika Wayhuwi. Tagam Sinaga mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi adanya pengiriman narkoba dari Palembang ke salah satu jaringan di Lampung pada Selasa (10/4). “Jaringan sabu-sabu dan ekstasi ini berbeda. Tapi sama-sama dari Sumatera Selatan,” jelasnya. Tim Brantas BNNP Lampung menangkap 3 kurir sekaligus pengedar di wilayah Lampung yang mengambil barang ke Palembang. Ketiganya yakni Rafi (52), warga Perum Bukit Bakung Indah dan Indra Wahyudin (40) warga Jl. Sinar Semendo, Tanjung Senang. Lalu Kukuh Handayani (40) warga Jl. Sasonoloyo, Gunung Sulah, Wayhalim. Ketiganya juga ditembak di kaki karena berusaha kabur saat hendak ditangkap. Mantan Kapolrestabes Medan ini menjelaskan mereka ditangkap ditempat berbeda. Awalnya tim Brantas BNNP Lampung menangkap Sofian dan Indra di depan SPBU Sukarame, Branti, Natar. Keduanya diringkus Rabu (11/4) setelah mengambil 1.300 butir ekstasi itu dari Palembang. “Kemudian kita tangkap dan barang bukti ekstasi itu disembunyikan di balik ban serep mobil tersangka. Mereka mencoba kabur sehingga kita tindak tegas,” jelasnya. Pertugas lantas melakukan pengembangan terhadap Control Delivery atau pengontrol barang haram itu. Koko berhasil diringkus. Namun saat diringkus Koko berusaha melarikan diri dengan mencoba masuk ke gang kecil di pemukiman padat penduduk. Langkahnya terhenti setelah petugas menembak kakinya. Para kurir, lanjut Tagam, diduga dikendalikan sesorang di dalam lapas. “Jadi kasus ini di kendalikan dari lapas. Kalau ada yang protes silahkan dan kita diskusi,” tegasnya. Para pelaku baik dari jaringan sabu-sabu dan ekstasi yang ditangkap dijerat dengan pasal 112 ayat 2, pasal 114 ayat 2 dan pasal 132 ayat 2 UU no 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Selain menindak tegas, Tagam mengatakan para pelaku juga bakal dikenakan pasal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). “Jadi nanti kita kerjasama dengan PPATK, untuk kita telusuri uangnya,” katanya. Sebelumnya Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung Bambang Haryono mengatakan, pihaknya siap jika BNNP mengajak diskusi terkait kasus ini. ”Tentu siap jika diajak berdiskusi. Kita kan, sama-sama komitmen dalam pemberantasan narkoba,” tegas Bambang dihubungi melalui ponselnya. (nca/wdi)

TERPIDANA 20 TAHUN DITANGKAP BANDARLAMPUNG - Program Tangkap Buronan (Tabur) 311 terus menuai hasil. Teranyar, terpidana yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Kejaksaan Negeri (Kejari) Tulang Bawang, berhasil ditangkap Tim gabungan antara Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung bersama Tim Kejari Tulang Bawang, Kejari Langsa dan Polsek Langsa, Aceh. Zulkiran Alias Zul (44), warga Aceh ditangkap saat hendak bersembunyi dalam pelariannya. Ia ditangkap saat sedang makan dikediamannya diwilayah Jalan Ahmad Ibrahim, Langsa, Aceh. Selasa (11/4). Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Lampung, Jaja Subagja mengatakan, penangkapan tersebut berawal adanya informasi dari masyarakat

Akibat tekanan darah yang selalu tinggi, seorang ayah 1 anak berikut ini sempat terserang stroke. “Awalnya kepala terasa pusing seperti goyang-goyang sendiri begitu saja. Tapi lanjut hari rasanya kok lain. Beberapa anggota tubuh jadi terasa kaku hingga sulit untuk digerakkan.” Ujar pria bernama lengkap Junaedi Jaya itu mengeluh. Hipertenis merupakan suatu keadaan atau kondisi kronis dimana tekanan darah pada dinding arteri (pembuluh darah bersih) meningkat. Hipertensi dapat dikatakan sebagai “silent killer” atau pembunuh secara diam-diam. Hal ini dikarenakan hipertensi jarang memiliki gejala yang jelas. Salah satu cara untuk mengetahui anda terserang hipertensi atau tidaknya ialah dengan rutin

mengenai adanya profil seseorang yang sama dengan DPO Zulkiran berada di Langsa Aceh. Kejari Tulangbawang kemudian berkoordinasi dengan Kejari Langsa, Aceh. Zulkiran sendiri merupakan DPO kasus ganja 1,6 ton. Dia, dinyatakan bersalah telah melanggar tindak pidana Narkotika sesuai dengan putusan Kasasi Mahkamah Agung nomor 1649K/Pid.Sus/2017 pada tanggal 30 Agustus 2017 dengan vonis selama 20 tahun. Dia menjelaskan, terpidana merupakan satu diantara enam perkara yang displit atau dipisah. Terpidana ditetapkan tersangka atas perkara narkoba jenis ganja sebanyak 1,6 ton. “Saat itu mobilnya yang dikemudikan Alfian ditemukan ganja sebanyak 1,6 ton. Saat menjalani

persidangan Alfian diputus Pengadilan Tulang Bawang dengan kurungan penjara seumur hidup,” ujarnya. Setelah itu, saat terpidana DPO melakukan sidang, dirinya dibebaskan oleh Pengadilan Tulang Bawang dengan alasan bahwa narkoba tersebut bukan milikya. Namun, setelah Jaksa Penuntut umum (JPU) mengajukan kasasi, terpidana diputus dengan kurungan penjara selama 20 tahun dengan denda sebesar Rp1 miliar subsidair enam bulan penjara. Ketika kasasi Mahakamah Agung turun, Zulkiran lantas melarikan diri. Alhasil ketika jaksa hendak melakukan upaya eksekusi terhadap Zulkiran ia sudah tak lagi berada ditempat. Sebelumnya. Lamanya persidangan membuat Zulkiran dikeluarkan demi

Polisi... Sekitar pukul 11.30 WIB, ia mendapat telepon dari anaknya bahwa terjadi kecelakaan dan anaknya tidak dapat berbicara banyak. “Saya dapat kabar istri kecelakaan. Namun karena anak saya dalam keadaan shock saya mendapat lokasi kecelakaan dari warga. Saya langsung

Sementara dia menyebut pengerjaan ini kemungkinan bakal memakan waktu hingga delapan bulan. ”Sekarang kan sudah mulai dipasang pagar pembatas jalan dan proyek. Ya prediksi kami bisa selesai dalam waktu delapan bulan. Tapi kami upayakan semaksimal mungkin lebih cepat dari prediksi karena proses pengerjaannya 24 jam,” jelas dia. Soal dampak pembangunan underpass terhadap lalu lintas, Rosidin meminta masyarakat bersabar dan mengikuti himbauan menggunakan jalur alternatif yang telah diberikan. ”Diharapkan mengikuti himbauan menggunakan jalur alternatif, dan rekayasa lalu lintas yang telah dibuat,” jelasnya. Terkait jalur alternatif, Rosidin

ke lokasi kecelakaan dari rumah,” terangnya. Menurut Budi, istrinya bersama anaknya hendak bersilaturahmi ke kediaman adiknya di Pahoman. “Ya mau silaturahmi. Kalau saya yang jemput pasti nggak akan kesana. Karena saya pasti pulang mau jumatan,”

katanya. Masih kata Budi, lima hari sebelum meninggal istrinya berencana membuat surat kuasa untuk pengambilan gaji lantaran capek mengantri di bank. “Istri saya sudah ngobrol ke saya mau bikin surat kuasa pengambilan gaji karena katanya udah

memiliki sifat pahit, dingin, antipiretik (penurun panas), antijamur dan antihipertensi (mampu menurunkan dan menormalkan tekanan darah tinggi). Efek farmakologis ini diperoleh dari penggunaan bijinya yang dikeringkan, digiling halus, sampai menjadi serbuk. Selain itu, Rampahoni juga dilengkapi dengan Lempuyang yang dapat menjaga kekebalan dan kebugaran tubuh, sehingga orang yang mengkonsumsi Rampahoni secara rutin dan teratur akan tetap segar dan bersemangat saat melakukan aktivitas. “...setelah 2 minggu rutin minum Rampahoni dan kurang lebih menghabiskan 3 kotak, kini kesehatan saya sudah membaik. Ketika dicek, tensi darah mulai menurun dan berangsur normal. Kemudian anggota tubuh yang tak bisa digerakkan itu pun kini sudah dapat kembali bergerak. Badan saya juga sekarang tambah segar dan bugar serta selalu bersemangat.” Jelas warga Komp. Kasturi Indah 3, Banjarbaru – Kalimantan Selatan tersebut. Rampahoni sudah tersedia di Apotek dan Toko Obat terdekat di kota anda. Untuk info lebih lanjut silakan hubungi 0813 7989 4275 , Tanggamus Dan Pring sewu: 0877 7716 0707 , Metro: 08536706 5466 Dinkes P-IRT: 513320 3041184.20.

capek kalau ngantri, “ungkapnya. Sementara Tenil (47) adik korban yang akan didatangi, mengatakan sempat berkomunikasi lewat telepon dengan korban. “Saya nggak menyangka akan seperti ini. Karena jam 10 sebelum kejadian sempat berhubungan,” tuturnya. (pip/wdi)

Sambungan dari Hal. 20 menuturkan bagi pengguna jalan dari Bandarlampung ke Natar bisa menggunakan Jalan Untung Suropati lalu masuk ke Jalan Soekarno Hatta. “Nanti dari Jl. Untung Surapati masuk ke Jl. Bumimanto Raya. Atau bisa juga dari Jl. Abdul Muis lewat SMK 2 Mei. Lalu dari Jl. Pramuka atau Rajabasa menuju Bandarlampung bisa melalui Bypass (Jalan Soekarno Hatta) kemudian memasuki Jl. Untung Surapati atau dari Jl. Pramuka masuk Jl. Indra Bangsawan lalu masuk ke Jl. Kapten Abdul Haq,” sebutnya. Rute alternatif ini diberlakukan selama 24 jam. Menurutnya, pembagian brosur rekayasa lalu lintas juga solusi supaya pengendara bisa menghindari kemacetan di sekitar pembangunan underpass.

Kabid Binamarga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandarlampung Syamsul mengatakan, rencana awal semalam alat-alat berat sudah masuk lokasi proyek. Agus lalu lintas tetap mengalir ruas jalan disisakan 5,5 meter sisi kanan dan kiri. ”Lalu lintas kanan dan kiri tetap aman walau nantinya ada pengeboran. Untuk pengeboran rencananya dimulai nanti malam (semalam). Karena alat-alat berat baru masuk semalam,” tutur Syamsul saat dihubungi melalui ponselnya kemarin (14/4). Syamsul memprediksi proses pengeboran menghabiskan waktu selama tiga bulan. Saat ini, telah dilakukan pemagaran lokasi proyek. ”Tapi ada pergeseran sedikit. Jadi underpassnya agak miring sedikit

Siagakan... Salah satunya dengan merekayasa lalu lintas menuju Bandarlampung dari arah Natar. Dalam selebaran yang diterima Radar Lampung pengendara bisa melalui Jalan Soekarno-Hatta (bypass) langsung tembus di Jl. Untung suropati. Bisa juga melalui Jl. Sultan Agung. Alternatif lainnya, pengendara masuk ke Jl. Indra Bangsawan Rajabasa lanjut ke Jl. Kapten Abdul Haaq dan keluar di Jl. Soekarno-Hatta. Kemudian menuju Jl. Untung Suropati dan keluar ke Jl. Z.A Pagar Alam depan Wisma Bandar Lampung. Atau pengendara bisa langsung ke Jl. SoekarnoHatta lalu belok ke Jl. Bumi Manti Raya masuk lagi ke Jl. Abdul Muis atau SMK 2 Mei dan tembus di Jl. Z.A Pagar Alam.

hukum itu karena masa penahanan yang dimiliki hakim habis. Selama pelarian, Zulkiran kerap berpindah-pindah tempat dari Medan, Banten dan terakhir keberadananya diketahui di Aceh. “Dia mau pulang, memang dia warga sana (Langsa, red,) Aceh,” jelas Jaja. Zulkiran diketahui baru saja menjalani operasi ginjal di Medan, Sumatera Utara. Tim gabungan Kejaksaan lantas membawanya ke Medan, Sumatera Utara untuk kembali melakukan cek kesehatannya. Ia lantas diterbangkan dari Bandara Kuala Namu, ke Bandara Raden Intan. “Berdasarkan putusan Mahkamah Agung kami eksekusi yang bersangkutan ke Lapas Kelas I Bandarlampung untuk menjalani hukuman,” pungkasnya. (nca/wdi)

Sambungan dari Hal. 20

Pengeboran...

CARA ALAMI ATASI STROKE AKIBAT HIPERTENSI mengontrol dengan cara mengukur tekanan darah. Jika tidak, maka bersiaplah anda harus menerima kenyataan pahit akibat hipertensi yang mungkin menjalar sebagai penyakit komplikasi, seperti stroke, diabetes, kolesterol dan jantung. Sementara itu, pria yang sering dipanggil Junay tersebut sempat berobat secara medis, bahkan sampai ke salah satu Rumah Sakit di kota Surabaya demi sembuh dari hipertensinya. “Sudah saya cari solusi agar bisa sembuh, tapi tetap saja tekanan darah saya kerap tinggi. Mungkin semua ini bisa jadi dari faktor makanan yang tidak dapat saya jaga dengan baik, ditambah dengan sulitnya saya berhenti merokok. Namun suatu ketika saya bercerita kepada salah seorang tetangga, lalu ia pun menganjurkan saya untuk minum Rampahoni, yang mana pada akhirnya saya mengikuti anjuran baiknya itu,” kata Junay. Rampahoni ialah ramuan herbal yang menggunakan Buah Mahoni sebagai bahan baku utamanya, yang kemudian dipadukan dengan rempah-rempah lainnya sehingga berkhasiat dengan rasa yang enak di lidah. Dari hasil penelitian para ahli herbal, Buah Mahoni memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lain pun disebutkan bahwa Buah Mahoni

17

karena sebelumnya kalau lurus kena SMPN 22 Bandarlampung. Tapi nggak masalah,” jelasnya. Syamsul memastikan pengerjaan dilakukan selama 24 jam. Kemungkinan pengeboran menggunakan dua alat di awal underpass di depan Mall Lampung dan di ujung underpass di depan SMPN 22 Bandarlampung. Namun, Syamsul belum dapat memastikan hal ini. Karena menurutnya pengeboran bisa saja dilakukan satu arah. ”Bisa satu arah tergantung kondisi lapangan dengan kedalam pengeboran minimal 5,6 meter. Kita buatnya 6 meter. Untuk pendanaan masih sama, kami pakai dana PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sekitar Rp36 miliar,” pungkas Syamsul. (rma/wdi)

Sambungan dari Hal. 20 Sementara pengendara dari arah Bandarlampung menuju Natar bisa melalui Jl. Sultan Agung yang nantinya sampai ke Bypass. Bisa juga melalui Jl. Imam Bonjol, dan akan keluar di Jl. Pramuka. Menurut Kabid Lalu Lintas DIshub Kota Bandarlampung Iskandar, rekayasa lalu lintas telah melalui berbagai pertimbangan. Untuk membantu kelancaran lalu lintas ada 10 petugas yang berada di lapangan. ”Ada sekitar 10 personil setiap hari. Pagi dan sore. Jadi nantinya sebagai informasi juga pada masyarakat kalau bisa menghindari jalur itu agar tidak terjadi penumpukan kendaraan,” sebutnya. Kasatlantas Polresta Bandar-

lampung Kompol Syouzarnanda Mega membenarkan telah memulai pengalihan lalu lintas disekitar pembangunan proyek underpass. ”Iya, sudah,” ucapnya. Ditambahkan Wakasatlantas Polresta Bandarlampung AKP Ridho Rafika, pengalihan arus lalu lintas sebatas penutupan u-turn di depan jalan masuk Unila. Untuk itu, seluruh pengendara tetap bisa berjalan lurus baik dari arah Natar-Bandarlampung maupun Bandarlampung-Natar. ”Nantinya tetap bisa berjalan di jalan itu namun dibatasi seng pengaman. Jadi lokasi proyek tetap tidak terganggu,” ujar Ridho. Untuk menghindari penumpukan kendaraan di jam-jam sibuk misalnya

pukul 06.30 WIB hingga 08.00 WIB, dan pukul 16.00 WIb hingga 18.00 WIB, Ridho mengatakan pihaknya akan menurunkan timnya untuk pengamanan. ”Gelar personel per hari, 20 hingga 30 personel karena personel mulai dari Mal Boemi Kedaton (MBK) hingga ke Jl. Pramuka. Kalau lebih parah pasti akan kami tambah personel,” sambungnya. Dia melanjutkan, penjagaan memang tidak hanya pada titik macet saja. Petugasnya bakal mulai mengatur lalu lintas dari flyover MBK hingga flyover Pramuka. “Nantinya juga ada sosialisasi untuk kejelasan pengguna jalan untuk mencari jalur alternatif lain sesuai tujuannya,” terangnya. (rma/wdi)


INSPIRASI 18

MINGGU, 15 APRIL 2018

Harus Punya Aktualisasi Diri Tinggi WANITA yang hidup di zaman modern harus kreatif dan tangguh. Sebab saat ini, setiap wanita dituntut tak hanya bisa mengurus rumah tangga, namun juga mampu membantu suami dalam banyak hal. Termasuk dalam mencari rezeki. Karena itu, Ketua IKAD (Ikatan Keluarga Anggota Dewan) Lampung Hj. Idawati K.N., Ns., S.Pd., M.Kep. mengajak seluruh wanita untuk tidak Cuma menjadi ibu rumah tangga yang hanya mengandalkan suami. Namun menjadi wanita yang tangguh dan mampu mandiri. “Meskipun hanya menjadi ibu rumah tangga dan lebih sering berdiam diri di rumah, bukan berarti hanya diam,” kata wanita kelahiran Tanjungkarang, 5 juli 1973 ini. Menurut Istri Ketua DPRD Lampung Dedi Afrizal ini, wanita modern berbeda konsepnya dengan zaman dahulu. ”Kalau dulu, wanita harus ada perjuangan membebaskan diri dari keterbelengguan. Dimana mindset-nya harus di rumah dan tidak boleh bersekolah,” tuturnya. Berbeda dengan zaman sekarang. Dimana wanita sudah mencapai kesetaraan dengan kaum pria. ”Kendati demikian, bukan berarti melupakan kodratnya sebagai wanita dan menjadi ibu rumah tangga. Akan tetapi sebagai seorang wanita, harus punya aktualisasi diri yang tinggi,” tegasnya. Dosen di Universitas Malahayati ini menambahkan, peran istri dalam kesuksesan suami sangat penting. ”Salah satu sabda Rasulullah SAW juga ada yang menjelaskan kebesaran seorang laki-laki adalah berkat komitmen dan perjuangan seorang wanita,” bilangnya. Wanita yang murah senyum dan berbicara santun ini mengaku sangat setuju dengan konsep wanita yang memiliki karir atau berkegiatan diluar dan memiliki penghasilan sendiri. Dan tentunya sudah seharusnya wajib memiliki pendidikan tinggi. ”Karena wanita terutama istri itu harus mendidik dan membesarkan anak. Sehingga si anak tersebut siap sebagai penerus bangsa. Dan menjadi seorang ibu juga harus memiliki jiwa kepemimpinan yang bagus, agar pembentukan anak juga bisa menjadi optimal,” urai dia. Dia menambahkan, generasi Ibu cerdas juga diajarkan dalam Islam. ”Seorang ibu merupakan Madrasah. Artinya, dituntut harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas. Ilmu harus mencukupi. banyak sumber yang bisa digali seperti dengan banyak membaca, baik di sekolah atau secara non formal,” pungkasnya. (abd/c1/wan)

ABOUT HER

p. ., Ns., S.Pd., M.Ke : Hj. Idawati K.N Juli 1973 5 : Tanjungkarang, : Islam l, S.Kep. : Hi. Dedi Afriza A5 No . 3, Ga rde n Blo k : Pe rum Ci tra , Bandarlampung Telukbetung Barat raw ata n Un ive rsi tas na Ke pe ir : Pa sca sa rja Pendidikan Terakh Indonesia : Dosen Pekerjaan

Nama TTL Agama Suami Alamat FOTO-FOTO DOKU

MEN PRIBADI


IKLAN MINGGU, 15 APRIL 2018

19


20

R ADAR LAMPUNG

METROPOLIS

MINGGU, 15 APRIL 2018

Bukan Sekadar Berita!

FOTO RIZKY PANCHANOV/RADAR LAMPUNG

BAKAL DIALIHKAN ; Pengerjaan Underpass Simpang Jl. Z.A Pagar Alam Jl. Sumatri Brojonegoro tepatnya didepan Jalan masuk ke Universitas Lampung bakal mulai pada hari ini, Sabtu (14/4). Pemerintah Kota Bandarlampung maupun rekanan telah membagikan brosur rancangan antisipasi lalu lintas untuk menghindari penumpukan kendaraan.

Pengeboran Underpass Dimulai BANDARLAMPUNG–Jika tak ada perubahan rencana, hari ini underpass Jl. ZA. Pagar Alam depan gerbang masuk Universitas Lampung (Unila) mulai dikerjakan. Untuk menghindari penumpukan kendaraan dan antisipasi ke-

padatan arus lalu lintas, brosur rencana rekayasa lalu lintas dibagikan. Sektiar 5 ribu brosur dibagikan ke setiap pengendara yang lewat. Rosidin Ketua Pelaksana Lapangan PT Sang Bima Ratu mengatakan, underpass Unila

memiliki panjang 320 meter. Hari ini rencananya pengeboran dilakukan di depan Mal Lampung. Untuk itulah, dua hari belakangan pihaknya sibuk memberikan sosialisasi pada masyarakat. ”Rencananya pengeboran dilaksanakan

Minggu (15/4), makanya kami membagikan selebaran ini. Jadi masyarakat tidak kaget dan bisa menghindari lokasi pengerjaan pembangunan underpass,” sebut Rosidin. Baca | PENGEBORAN | Hal. 17

SIAGAKAN PULUHAN PERSONEL ANTISIPASI KEMACETAN

LOKASI pembangunan underpass berpotensi jadi titik macet baru. Karenanya, Satlantas Polresta Bandarlampung dan Dinas Perhubungan Kota Bandarlampung menyiapkan langkah antisipasi. Baca | SIAGAKAN | Hal. 17

FOTO M. TEGAR MUJAHID/RADAR LAMPUNG

JARINGAN SABU: Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Lampung menggelar ekspos pengungkapan jaringan sabu-sabu seberat 6 kilogram Jumat (13/4) lalu. Dua tersangka tewas diterjang timah panas. Dua tersangka lainnya ditembak di bagian kaki.

Gulung Jaringan Pengedar Sabu BNNP Tembak Mati Dua Tersangka BANDARLAMPUNG-Perang terhadap bandar narkoba terus ditabuh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Lampung. Jumat (13/4) BNNP Lampung merilis ungkap kasus jaringan pengedar sabu-sabu. Dua tersangka anggota

jaringan tewas ditembus timah panas lantaran mencoba menembak petugas saat hendak ditangkap. Dua orang yang tewas itu adalah Wiko Novian (29), warga Bukitkemuning, Lampung Utara dan Supriyadi alias Alam (34)M, warga Waylubuk Kalianda, Lampung Selatan. Wiko diduga sebagai penerima barang. Sementara

Supriyadi diduga sebagai pengendali sabu-sabu. “Tersangka Wiko terpaksa kita tembak karena berusaha melawan. Sementara tersangka Alam yang merupakan DPO kita tembak karena dia hendak mengeluarkan pistol saat kita minta menuju gudang penyimpanan sabu,” jelas Tagam. Baca | GULUNG | Hal. 17

Polisi Kejar Pengemudi Truk Maut BANDARLAMPUNG-Pengemudi truk penabrak guru kimia SMAN 13 Bandarlampung Umi Yati Murni (56) masih buron. Polisi terus melacak keberadaan pengemudi truk maut tersebut. Hal itu diutarakan Wakasatlantas Polresta Bandarlampung AKP Ridho Rafika. Ridho menjelaskan kecelakaan di Jalan Soekarno Hatta Jumat (13/4) yang merenggut nyawa Umi tersebut masih terus diusut. “Kejadian Jumat siang, jadi informasi dari saksi yang membawa kendaraan jatuh ke kanan dan penumpangnya jatuh ke kiri. Setelah itu penumpang yang jatuh ke

kiri tertabrak kendaraan yang ada di belakangnya. Karena mengalami luka parah di kepala, penumpang itu meninggal dunia di lokasi dan di bawa ke RS Imanuel,” katanya. Ridho melanjutkan pengendara truk langsung kabur setelah kejadian. “Kita masih kumpulin data serta keterangan pendukung dan dalam pengemudi truk masih dalam pengejaran, “kata Ridho. Sementara Budi (55) mengaku sebelum kejadian tidak memiliki firasat apapun terkait kepergian istri tercintanya. Namun menurutnya pagi sebelum kejadian ia sempat mengantar istrinya

yang tak bisa mengemudikan motor ke tempatnya mengajar. “Jadi pagi sebelum kejadian saya sempat antar dia ke sekolah. Dia mengatakan belum tahu pulang jam berapa. Nanti kalau mau pulang dihubungi,” ujarnya di rumah duka Jalan Abdul Kadir 2, Kelurahan Rajabasa Nunyai, Rajabasa. Pukul 10.30 WIB, sambung Budi , istrinya menelpon dan bilang tidak usah dijemput lantaran sudah dijemput oleh anak mereka Novita Geovalda (23), “Jadi waktu jam pulang sekolah saya ditelepon istri. Dia bilang akan dijemput anak saya yang nomor dua, “ujarnya. Baca | POLISI | Hal. 17

150418  
150418  
Advertisement