Issuu on Google+

SABTU, SAB SA S AB A BTU TU TU, U,, 9 NO N NOVEMBER OVEMB BER 2013

28 HALAMAN/Rp3.000,HA ALAMAN/Rp p3 p 3.0 .00 00 0,,-

Satu Untuk Semuaa

FOTO ALAM ISLAM

SERULING SAKTI!: Ribuan warga mengikuti goyang Cesar bersama Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan, even SKH Radar Lampung, di Lapangan Saburai, Bandarlampung, kemarin.

PRAHARA KONSTITUSI

Susi Seret Dirjen Otda KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menjadwalkan pemeriksaan terhadap Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementerian Dalam Negeri Djohermansyah Djohan. Djo –sapaan akrab Djohermansyah Djohan– terseret kasus Djohermansyah dugaan suap penanganan sengketa Djohan pemilihan kepala daerah di Mahkamah Konstitusi (MK). Djo diperiksa untuk Susi Tur Andayani. ’’Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk STA (Susi Tur Andayani),’’ kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha saat dikonfirmasi kemarin. Sementara usai pemeriksaan, Djo mengaku ditanya apakah mengenal Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan dan Susi Tur Andayani. Wawan dan Susi merupakan tersangka kasus dugaan suap pengurusan sengketa Pilkada Lebak, Banten.

LUAR BIASA! BANDARLAMPUNG – Pribadi Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan bak magnet. Terbukti, 13 ribu peserta senam memadati Lapangan Saburai, Ban darlampung,

Tanah Itera Tuntas, PLN Lampung Disorot

kemarin. Padahal, Radar Lampung yang dianugerahi sebagai Surat Kabar Terbaik Se-Sumatera ajang Indonesia Print Media Award (IPMA) oleh Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS) pada Februari 2013 ha nya

menyediakan 11 ribu tiket. Ya, selain peserta, pencinta Dahlan Iskan yang biasa disapa Dahlanis juga hadir sekadar ingin menyaksikan mantan Dirut PLN itu dari dekat. Animo peserta juga kental terasa lantaran banyak instansi hingga sekolah yang biasa menggelar senam pada Jumat pagi meleburkan diri dalam even ini. Sejumlah pejabat pun hadir memeriahkan even. Di antaranya Kapolda Lampung Brigjen Heru Winarko, Dirut PTPN 7 Kusumandaru N.S., Komandan Korem 043/Garuda Hitam Kol. Irwan S. Marpaung, tokoh masyarakat Nuril Hakim Yhs., dan sejumlah pejabat Pemkot Bandarlampung. Baca LUAR Hal. 4

Baca SUSI Hal. 4

PENCARI SUAKA

Indonesia Tolak Australia

SUKADANA – Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Lampung Timur berencana memanggil Cnd, guru SDN 2 Lehan, Kecamatan Bumiagung. Kabid Dikdas Thabrani Hasyim mengatakan bila Kasi SD dan Staf sudah turun ke kecamatan itu untuk menemui Kepsek dan guru Cnd. ’’Benar, tadi Kasi SD dan Staf ke sana (sekolah, Red) untuk mendengarkan penjelasan tindakan yang dilakukan guru Cnd,’’ katanya kepada Radar Lampung kemarin. Dia menyatakan bila tindakan guru Cnd terhadap Nga (12) tidak men-

cerminkan seorang guru yang mendidik siswa dengan baik. Apalagi sampai mengancam menurunkan dari kelas VI ke kelas V cuma karena mengganggu siswa lain kelas. ’’Jelas, kami (Disdikpora, Red) panggil guru Cnd dalam waktu dekat untuk kami beri peringatan dan teguran keras. Sebab, akibat tindakannya itu menyebabkan korban tertekan pikirannya dan mengakhiri hidupnya dengan gantung diri. Sanksi sudah pasti,’’ ujar Thabrani.

IN SAJJAH

Baca INDONESIA Hal. 4

Sanksi Pidana Lolos FOTO ERW

PENGAMAT hubungan internasional Hikmahanto Juwana mengapresiasi awak kapal Indonesia yang menolak pemulangan kembali para pencari suaka yang telah diselamatkan oleh kapal Australia. Dengan tegas, ia mengatakan bahwa tindakan itu sudah benar. ’’Pagi ini muncul kabar bahwa Indonesia menolak permintaan kapal AL Australia yang berisi imigran gelap yang mereka bantu untuk diserahkan ke Indonesia. Tindakan mereka itu sudah benar,’’ ujarnya di Jakarta kemarin. Sebab, secara hukum internasional memang Hikmahanto seharusnya kapal yang menyelamatkan yang kemudian harus menanggung yang diselamatkan. Menurutnya, para pengungsi yang sudah dievakuasi ke kapal berbendera Australia sudah sewajarnya menjadi tanggung jawab Australia. Hal ini karena Australia adalah peserta dari Konvensi Pengungsi 1951. Dengan adanya penolakan ini, lanjutnya, jajaran Basarnas telah menjaga kedaulatan Indonesia dan bertindak profesional. Ia juga memberi apresiasi pada para petugas Basarnas (Badan SAR Nasional) dan pengambil kebijakan Indonesia telah tepat mengambil keputusan untuk menolak.

Baca SANKSI Hal. 4

Mengikuti Aktivitas Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan

Timang Bayi di Restoran, Ladeni Pidato Mandarin Sosok Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan memang terkenal nyeleneh. Tiap kali ia mengunjungi suatu daerah, selalu ada kisah menarik. Termasuk kunjungannya ke Bandarlampung, Kamis (7/11) hingga Jumat (8/11).

FOTO ALAM ISLAM

Senyum khasnya muncul menyapa para penjemputnya di ruang VVIP bandara. Tak hanya itu. Sebelum menaiki kendaraan yang disediakan, Dahlan masih meladeni permintaan foto bersama dengan salah seorang pengunjung bandara. Wartawan koran ini yang membuntuti aktivitasnya langsung mengejar iringiringan kendaraan Dahlan. Tengah asyik kendaraan melaju, tiba-tiba mobil Toyota Alphard D 4121 yang ditumpanginya berhenti di depan Restoran Bumbu Desa, Kedaton, Bandarlampung. Mobil patroli polisi pembuka jalan pun sontak kaget. Mobil yang dikawal ternyata tak ada lagi di belakangnya. ’’Rupanya, Pak Menteri berhenti untuk makan. Kami langsung berhenti, lalu turun mengawalnya,’’ kata salah satu petugas.

PESAN KAREDOK: Dahlan Iskan singgah di restoran Jl. Z.A. Pagaralam, Bandarlampung. Sebelum memesan makanan, dia menyapa warga.

Baca TIMANG Hal. 4

Laporan Widisandika, BANDARLAMPUNG PESAWAT terakhir Garuda Indonesia Airways mendarat di Bandara Radin Inten II, Natar, Lampung Selatan, Kamis (7/11) sekitar pukul 18.30 WIB. Dari bus pengangkut penumpang yang penuh sesak, Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan cuek bergelantungan di bus. Ketika pintu bus terbuka, suami dari Nafsiah Sabri ini langsung meloncat turun. Tak terlihat ada gurat lelah di wajahnya.

http://www.radarlampung.co.id

Berlangganan, Hubungi: 0721 - 782306-7410327


2

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

DAFTAR NEGATIF INVESTASI

Mayoritas Investor Keluhkan Pajak JAKARTA - Kinerja Direktorat Jenderal Pajak tengah dalam sorotan. Setelah penangkapan aparat pajak oleh kepolisian, lalu realisasi setoran pajak yang di bawah target, kini layanan pajak juga paling banyak dikeluhkan investor. Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan, perbaikan iklim investasi kini menjadi target utama pemerintah untuk mendorong penanaman modal. Namun, upaya itu menghadapi tantangan berat karena masih banyak komplain atau keluhan dari investor. ’’Yang paling banyak dikomplain itu di (Ditjen) Pajak,” ujarnya kemarin (8/11). Sebagaimana diwartakan, sejak terbongkarnya kasus mafia pajak Gayus Tambunan, beberapa aparat pajak harus berurusan dengan aparat hukum terkait tindak pidana korupsi. Chatib sendiri mengakui betapa sulitnya memberantas aparat pajak nakal. Sebab selain merugikan penerimaan negara, aksi aparat pajak nakal juga merusak iklim investasi karena menciptakan ekonomi biaya tinggi. ’’Baru mau dibenerin, sudah ada yang ditangkap lagi,” katanya geram. Dia menyebutkan, salah satu layanan yang sering dikeluhkan investor adalah penyertaan dokumen pembayaran pajak yang harus dilakukan berkalikali. Misalnya karena harus membayar pajak setiap bulan, berarti penyampaian dokumen harus dilakukan sampai 12 kali. ’’Upaya yang sudah ditempuh adalah pemberlakuan e-filling, jadi secara online,” terangnya. Menurut dia, berbagai pembenahan masih diperlukan untuk memperbaiki layanan pajak. Sebagai gambaran, dalam laporan Bank Dunia terkait kemudahan berbisnis atau doing business, Indonesia kini masih berada di peringkat 120. Meski naik 8 peringkat dari posisi tahun lalu yang 128, masih jauh di bawah negara-negara tetangga seperti Singapura yang ada di peringkat 1 dan Malaysia di peringkat 6. ’’Karena itu, sekarang kita berjuang agar iklim usaha membaik,” ujarnya. Sebelumnya, Dirjen Pajak Fuad Rahmany mengakui dari 32 ribu aparat pajak, sebagian di antaranya memang nakal. Dia pun sudah berupaya tegas kepada aparat pajak nakal. (jpnn/p2/c1/wan)

Genjot Ekspor, Tekan Impor BANK Indonesia (BI) menyambut postif rencana pemerintah dalam merevisi daftar negatif investasi (DNI) bagi lima sektor yang selama ini tertutup bagi pemodal asing. Namun, Gubernur BI Agus Martowardojo meminta revisi DNI diarahkan untuk meningkatkan ekspor dan mengurangi impor. Khususnya agar ada perbaikan defisit neraca transaksi berjalan yang telah terjadi selama tujuh kuartal tahun ini. ’’Kalau kita membuka kesempatan bagi investor asing untuk masuk, maka harus dikaji bahwa itu dilakukan untuk perbaikan dari kegiatan neraca transaksi,” ungkapnya di gedung BI kemarin (8/11). Seperti diwartakan, pemerintah bakal membuka dan melonggarkan batasan kepemilikan asing pada sejumlah sektor melalui draf revisi DNI tahun ini. Sektor usaha yang semula tertutup dan akan dibuka 100 persen itu antara lain bandar udara, pelabuhan, terminal barang, terminal darat, dan periklanan. (jpnn/p2/c1/wan)

IMPOR KEDELAI

Harga Susah Turun KEBIJAKAN pemerintah menghapus bea masuk (BM) impor kedelai terbukti tidak efektif menurunkan harga kedelai yang menjadi bahan baku utama tahu-tempe. Di sisi lain, penghapusan bea masuk itu akan sangat menguntungkan negara produsen kedelai terbesar dunia, Amerika Serikat. Harga kedelai yang harus dibayar perajin tahu dan tempe ratarata masih tinggi, yaitu Rp9.500 per kilogram. Padahal, pemerintah telah menghapus bea masuk impor kedelai dari lima persen menjadi nol persen sejak 3 Oktober 2013. Saat masih normal, harga kedelai di pasaran antara Rp6.000-7.500 per kilogram. Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Bachrul Chairi mengakui masih tingginya harga kedelai di pasaran saat ini. Padahal pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan pembebasan bea masuk untuk menambah pasokan kedelai di dalam negeri. (jpnn/p2/c1/wan)

FOTO HAYATULLAH

GRATIS NELPON SETAHUN: Marketing Communication Indosat Bandarlampung Agus Hidayat (kanan) saat press conference dalam rangka mengenalkan program IM3 Play SoulMate kemarin.

IM3 Play SoulMate BANDARLAMPUNG - Inovasi getol dilakukan Indosat untuk memanjakan pelanggan setianya. Terbaru, operator terkemuka di Indonesia ini mempersembahkan program IM3 Play SoulMate. Program yang menyasar kebutuhan komunikasi anak muda ini memberikan keuntungan berupa gratis menelepon ke soulmate-mu sepuasnya selama setahun cuma dengan biaya registrasi Rp10 ribu. Sales Area Manager Indosat Bandarlampung Budiono melalui Marketing Communication Agus Hidayat mengatakan, kehadiran program ini disesuaikan karakter pelanggan anak muda yang ingin selalu terhubung dan melakukan panggilan ke soulmate-nya. Seperti sahabat, teman dekat, dan keluarganya, karena berbagai keuntungan IM3 Play SoulMate. ’’Pelanggan bisa menikmati keuntungan dengan cara membeli kartu perdana IM3 dan melakukan aktivasi serta registrasi pada periode promo, yaitu mulai 1 November hingga 31 Desember 2013,” ujarnya. Agus menjelaskan, registrasi dapat dilakukan dengan menekan *123*300# dan kemudian memilih paket IM3 Play

SoulMate atau melalui SMS dengan mengetik SMS Nomor SoulMate Indosat kirim ke 123. ’’Registrasi ini cukup dilakukan satu kali selama periode program,” ucapnya. Setelah melakukan registrasi dengan biaya cuma Rp10 ribu, pelanggan akan langsung mendapatkan gratis menelepon setiap hari sepuasnya ke satu nomor Indosat yang didaftarkan sebagai soulmate. Bonus tersebut akan berlaku selama setahun. Untuk mengetahui panduan lainnya, pelanggan dapat mengirimkan SMS dengan mengetik PAN SM kirim ke 123. ’’Biasanya program hanya berlaku satu hingga tiga bulan. Tetapi khusus program IM3 Play SoulMate berlaku setahun,” tegasnya. Adapun benefit yang didapatkan pelanggan selama setahun adalah gratis menelepon ke nomor soulmate-nya setiap hari dari pukul 00.00-06.00 WIB. Sedangkan pukul 06.00-17.00 dapat gratis menelepon selama 100 menit setiap hari dan 10 menit pada pukul 17.00-24.00. ’’Artinya, mereka dapat gratis menelepon setiap harinya selama 24 jam,” terangnya.

Menurut dia, program tersebut hadir sebagai bentuk komitmen Indosat untuk terus berinovasi melalui layanan yang mengikuti tren kebutuhan komunikasi anak muda baik untuk layanan suara, SMS, maupun data (social media) yang semakin meningkat. ’’Dengan hadirnya program IM3 SoulMate ini, kami harapkan dapat mempermudah akses komunikasi, memberikan kenyamanan sekaligus menambah alternatif pilihan layanan komunikasi sesuai kebutuhan pelanggan IM3 dengan tarif yang semakin terjangkau,” papar Agus. Ditambahkannya, sehari sebelum peluncuran IM3 Play SoulMate, ternyata Indosat telah menggelar soft launching program Super Internet yang memberikan benefit data untuk pelanggannya. Program ini menyediakan tiga paket, yakni Rp49 ribu selama 3 bulan dapat 4 GB, selama enam bulan hanya Rp90 ribu dapat 9 GB, dan selama setahun hanya Rp149 ribu dapat Rp18 GB. ’’Paket ini berlaku 24 jam dan pelanggan bisa melakukan pembelian paket tersebut dari paket harian dengan tarif Rp1.000 hingga Rp49 ribu selama sebulan,” tandasnya. (hyt/p2/c1/wan)

KURS TRANSAKSI PER JUMAT, 8 NOVEMBER 2013

Mata Nilai Uang

Kurs Jual Kurs Beli

Mata Nilai Uang

SUMBER: BANK INDONESIA

Kurs Jual Kurs Beli

AUD

1,00

10840,96

10727,45

KWD 1,00

40541,21

39996,48

BND

1,00

9216,73

9117,72

MYR

1,00

3595,61

3557,61

CAD

1,00

10969,56

10854,22

NOK

1,00

1894,57

1874,98

CHF

1,00

12499,73

12370,00

NZD

1,00

9551,60

9448,65

CNY

1,00

1867,98

1849,40

PGK

1,00

4641,71

4084,92

DKK

1,00

2061,74

2040,50

PHP

1,00

264,99

262,24

EUR

1,00

15377,22

15219,73

SAR

1,00

3056,02

3025,46

GBP

1,00

18452,21

18267,54

SEK

1,00

1752,47

1733,50

HKD

1,00

1478,57

1463,77

SGD

1,00

9216,73

9117,72

JPY

100,00

11672,27

11550,29

THB

1,00

365,58

361,48

10,78

10,67

USD

1,00

11461,00

11347,00

KRW 1,00

Sambungan dari halaman 1

Ekstrak Kulit Manggis Efektif Mencegah Penuaan Dini dibutuhkan antioksidan. Dan salah satu antioksidan ampuh adalah yang terdapat di kulit manggis. Kulit manggis mengandung xanthone. Senyawa ini merupakan bioflavonoid yang bersifat antioksidan, antibakteri, antialergi, antitumor, antihistamin, dan antiinflamasi. Molekul bioaktif ini memiliki struktur cincin 6 karbon dan kerangka karbon rangkap, sehingga sangat stabil. Di alam, terdapat 200 jenis xanthone dan 50 di antaranya terdapat di kulit manggis. Jenis xanthone yang paling banyak punya efek farmakologis adalah alfamangostin, betamangostin, dan garcinon-E. Alfamangostin mengaktifkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang sel pembunuh alami yang bertugas membunuh sel kanker dan virus. Mangostin bersama gammamangostin berperan sebagai antioksidan yang sanggup mencegah aktivitas HIV-1. Kandungan antioksidan kulit manggis 66,7 kali wortel dan 8,3 kali kulit jeruk. Sebagai antioksidan, xanthone memiliki gugus hidroksida yang efektif mengikat radikal bebas penyebab rusaknya sel tubuh. Sebagai antiaging (anti-penuaan dini), xanthone dapat membuat kulit menjadi awet muda. Penelitian membuktikan, mengonsumsi xanthone 30 hari berturut-turut dapat membuat wajah terlihat lebih muda. Xanthone dapat berfungsi sebagai antiaging karena ia menghalangi teroksidasinya vitamin-vitamin dan asam lemak tak jenuh, yang merupakan penyusun dinding sel saraf. Dan ini tentu akan menghambat kerusakan jaringan sel-

sel yang menyebabkan kulit menjadi keriput karena kehilangan elastisitas. Bila ingin mendapatkan informasi lengkap tentang khasiat manggis tersebut, Anda bisa membacanya di buku berjudul Kulit Manggis Berkhasiat Tinggi, yang tersedia di Toko Buku Gramedia di seluruh Indonesia. Tapi, apakah untuk mendapatkan xanthone itu kita perlu mengimpornya dari luar negeri atau menggiling kulit manggis dulu untuk kemudian meminum airnya? Tidak. Sekarang, teknologinya sudah ada di Indonesia. Dan produk itu sudah beredar di apotek-apotek dan tokotoko obat terkemuka di kota Anda, dalam bentuk kapsul ekstrak kulit manggis. Namanya Garcia. Sekali lagi, nama produk itu adalah Garcia, bukan xanthone, karena xanthone adalah nama zat yang terkandung di dalamnya. Untuk konsultasi kesehatan, hubungi dokter kami pada jam kerja di telepon bebas pulsa 08001401430 serta kunjungi website kami www.manggisgarcia. com atau di e-mail info@manggis garcia.com,. Bila ingin mendapatkan ekstrak kulit manggis pertama di Indonesia itu, Anda bisa menghubungi distributor Lampung 085292842010 Subdistributor Metro 081362836051 Tulang Bawang 081369543052 Lampung Utara 08127923057 Way Kanan 081379255927 Lampung Timur 081272221389 Lampung Tengah 081274787784 Tanggamus 085369714842 Pringsewu 082372877771 Atau bisa juga mendapatkannya langsung di Apotik.


3

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

AMA Banyak Berkontribusi MUNAS VIII RESMI DIBUKA BANDARLAMPUNG – Musyawarah Nasional (Munas) VIII Asosiasi Manajemen (AMA) Indonesia resmi dibuka Ketua Umum BPP AMA Indonesia Bahar Buasan di Ballroom Hotel Novotel Lampung semalam (8/11). Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong dan dilanjutkan seminar sales magic dengan pembicara terbaik di Indonesia, Tung Desem Waringin. ’’Munas merupakan agenda rutin tiga tahunan. Fokus kami adalah mengevaluasi kinerja dan membahas program strategis AMA ke depan. Munas juga bertugas menyusun program kerja periode berikutnya dan mengambil kebijakan-kebijakan strategis lain. Termasuk penyempurnaan AD/ART bila dipandang perlu. Bahkan seluruh masalah yang dihadapi masing-masing BPC se-Indonesia juga akan dikupas pada acara nanti,” kata Bahar Buasan. Dia menuturkan, selama tiga tahun ini banyak kontribusi yang telah diberikan AMA untuk membangun bangsa Indonesia. Mulai seminar, lokakarya, uji kompetensi, AMA Go to Campus, hingga SMK Prasejahtera. ’’Karena AMA sebagai leading sector pengembangan kompetensi pelaku usaha maupun perusahaan, kami bertanggung jawab untuk memberikan spirit baru agar mereka bisa bangkit dalam membangun bangsa,” tuturnya.

Untuk kegiatan SMK Prasejahtera telah diselenggarakan di beberapa kota, seperti Bandung, Malang, Jakarta, Makassar, dan Bangkabelitung. ’’Kami tidak hanya pelaku usaha atau karyawan dan pimpinan di perusahaan. Tapi, di dunia pendidikan seperti mahasiswa dan siswa SMK. Sebab, siswa SMK dan mahasiswa mesti diberikan semangat entrepreneurship karena prospeknya langsung kerja,” paparnya. Kini AMA Indonesia memiliki 15 Badan Pengurus Cabang (BPC). Di antaranya Jakarta, Jogjakarta, Surabaya, Makassar, Malang, Bandung, Palembang, Lampung, Bengkulu, Bangkabelitung, dan Padang. ’’Karena itu, kami berharap kepengurusan ke depan bisa meneruskan program dan menambah BPC. Sehingga semua daerah mendapatkan spirit dalam membangun bangsa,” ujarnya. Pada Munas VII di Malang tiga tahun lalu, ada beberapa lokasi yang disiapkan untuk Munas AMA VIII. Salah satunya Lampung. ’’Artinya, Lampung dipilih dari hasil Munas kVII di Malang tiga tahun lalu. Bahkan, munas kali ini akan menentukan lokasi Munas IX nanti,” katanya. Munas VIII AMA Indonesia didukung penuh LIOE Production, Fajar Agung Book Store, Adnoc, dan Radar Lampung. (hyt/p4/c2/wan)

FOTO HAYATULLAH

HADIRKAN PEMBICARA TERBAIK: AMA Indonesia menghadirkan Tung Desem Waringin sebagai pembicara seminar sales magic. Seminar ini merupakan rangkaian Munas VIII AMA Indonesia yang resmi dibuka semalam di Ballroom Hotel Novotel Lampung.

Tiket Lampung–Batam Mulai Rp664 Ribu

PRESENTASI PRODUK: Cluster Coordinator Smartfren Bandarlampung Ikhsan Arief saat menjelaskan keunggulan teknologi pada smart phone terbaru Smartfren.

FOTO HAYATULLAH

Smartfren Pasarkan Produk Baru BANDARLAMPUNG – PT Smartfren Telecom Tbk. (Smartfren)–provider CDMA berteknologi EVDO Rev.B Fase 2– menambah lini produk smart phone dan tablet terbarunya. Yaitu New Smartfren Andromax T, New Smartfren Andromax U2, dan Smartfren Andromax Tab. Sebelum resmi hadir di Lampung, ketiga produk itu terlebih dahulu diluncurkan di Jakarta pada Oktober 2013. ”Ketiga varian baru ini merupakan bagian dari komitmen Smartfren untuk terus memproduksi perangkat berkualitas dengan harga terjangkau. Ini dimaksudkan agar semua kalangan dapat memilikinya,” kata Cluster Coordinator Smarfren Bandarlampung Ikhsan Arief kemarin. Dia menjelaskan, Smartfren

Andromax T hadir dengan sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean dengan layar 4,3 inci berteknologi IPS. Ponsel ini juga dipersenjatai prosesor quad-core 1,2 GHz dan kartu grafis GPU Adreno 203. Selanjutnya, ponsel itu juga dilengkapi kamera berkemampuan sensor 8 MP yang mampu mengambil gambar dan merekam video berdefinisi tinggi (HD). Sementara kamera depan 2 MP untuk video call. ’’Andromax T merupakan smart phone paling tipis karena ketebalannya hanya 0,7 cm,” ujarnya. Sementara Andromax-U2 diperkuat dengan sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean, layar berdiagonal 4.5 berjenis IPS with one glass solution, prosesor quad-core 1.2 GHz, GPU Adreno 203, dan RAM 1GB.

Menariknya, Andromax-U2 berteknologi audio Dolby Digital Plus agar menghasilkan suara surround yang tentunya dapat memberikan pengalaman menonton video ataupun bermain game menjadi berbeda. Fitur kamera utama 8 megapiksel yang dilengkapi dengan auto focus. ’’Kedua smart phone tetap meluncur dengan model dual SIM, CDMA, dan GSM. Sehingga kebutuhan pengguna terhadap jaringan GSM dan tidak perlu membawa dua perangkat atau lebih,” terangnya. Terakhir, Andromax Tab 8.0 menjadi andalan baru Smartfren untuk mengeruk pendapatan dari pasar perangkat berlayar lebar ini. Produk ini menggunakan sistem operasi Android Jelly Bean 4.2, teknologi grafis

perangkat Dual Mali 400, dan prosesor ARM Cortex-A9 dual core 1,5GHz yang disematkan sebagai otak komputasi. Produk berlayar 8 inci ini memiliki kamera utama 5 MP dan kamera sekunder 2 MP. Tersedia slot HDMI dan microUSB untuk keperluan koneksi dengan perangkat lain. Selain mendukung akses internet, tablet ini juga dapat digunakan untuk melakukan panggilan. ’’Tablet ini dapat mendukung aktivitas pengguna, baik untuk keperluan kerja maupun hiburan,” bilangnya. Andromax T dilepas dengan harga Rp1,799 juta dan Andromex U2 Rp1,87 juta. Itu termasuk kartu perdana Smartfren dengan gratis paket data 1,5 GB. (hyt/ p4/c2/wan)

BANDARLAMPUNG – Sejak Rabu (6/11), maskapai penerbangan Garuda Indonesia resmi membuka rute penerbangan Lampung–Batam–Lampung. Pembukaan rute baru ini untuk meningkatkan layanan bagi para pengguna jasa sekaligus memenuhi harapan masyarakat Lampung dan Batam akan konektivitas kedua kota itu. Apalagi, Lampung merupakan salah satu destinasi yang memiliki prospek bagus. Tak tanggung-tanggung, layanan penerbangan Garuda Indonesia langsung setiap hari dengan jadwal keberangkatan Lampung–Batam pukul 13.35 WIB dan Batam–Lampung pukul 11.25 WIB. ”Garuda Indonesia mencoba melayani rute yang dipandang cukup potensial, tapi terkendala perizinan yang berbelit-belit,” ungkap Marketing and Sales Manager Garuda Indonesia Cabang Lampung Basuki Sutiyono kemarin. Menurut Basuki, pihaknya melayani kelas ekonomi dan bisnis secara full service dengan pesawat jenis Bombardier CRJ1000 NextGen berkapasitas 96 penumpang. Rinciannya, 12 kursi kelas bisnis dan 84 kursi kelas ekonomi. ’’Untuk harga tiket cukup terjangkau. Yakni mulai Rp664 ribu. Mereka dapat full service selama satu setengah jam dalam penerbangan,” tuturnya. (hyt/p4/c2/wan)

FOTO HAYATULLAH

Kantor Garuda Indonesia Cabang Lampung.


BERITA UTAMA

4 Luar.. Dahlan Iskan memulai senam pukul 05.30 WIB didampingi sang istri, Nafsiah Sabri. DI – sapaan akrab Dahlan Iskan– tanpa lelah ikut memandu gerakan senam Dahlan Style. Dengan mengenakan kaus timnas bernomor punggung 6 milik Evan Dimas, pria yang pernah menjalani operasi cangkok hati itu terlihat atraktif dan energik. Alhasil, suasana senam terasa meriah dan penuh canda. ’’Kalau diterusin ini lagunya bisa ratusan,’’ selorohnya. Tak puas sampai di situ. Giliran DI ’’mengerjai’’ para peserta senam. Ia mengajak para peserta senam bergoyang Cesar bersama. Bagi peserta yang dinilai punya goyang terbaik mendapat doorprize dadakan darinya. ’’Sekarang, kita goyang Cesar. Yang tahap pertama remaja, kedua dengan ibu-ibu,’’ cetus DI sambil mengajak sejumlah pelajar naik ke panggung. Adalah Ramdani (17), siswa kelas XII SMAN 8 Bandarlampung, yang beruntung mendapat doorprize dari DI. Tak tanggung-tanggung, doorprize Ramdani adalah jersey Evan Dimas yang masih basah keringat sang menteri. Jersey itu spontan dicopot DI begitu Ramdani ditetapkan sebagai pemenang. ’’Seneng banget dapet kaus dari Pak Menteri. Baju ini nggak mau dipakai. Mau saya bingkai,” kata Ramdani sumringah. Tak hanya itu. Pada kegiatan kemarin, DI juga menyempatkan diri menyapa Sarjono, siswa SMK Amal Bhakti, Jatiagung, Lampung Selatan, yang menderita polio. Ia menyemangati agar Sarjono tetap bisa terus sekolah. Usai senam, DI bersama istri menyempatkan diri melayani permintaan foto bareng bersama oleh para peserta senam. ’’Senang menyaksikan. Sempurna dan luar biasa. Masyarakatnya antusias,’’ celetuk DI saat dimintai komentarnya terkait even kemarin. Ia berencana mengikuti even senam serupa di sejumlah kota. Di antaranya Solo, Cirebon, dan

Sambungan dari Hal. 1 Jakarta. Usai mengikuti senam, DI dan rombongan menyempatkan diri singgah ke kompleks kantor PTPN 7 Bandarlampung. Setelah sarapan, DI menanam pohon simbolis di halaman PTPN 7. DI juga menyampaikan apresiasinya atas pembangunan Kota Bandarlampung yang dirasanya pesat. Bandarlampung, lanjut dia, sudah masuk dalam jajaran kota besar. ’’Bandarlampung ini majunya luar biasa. Sudah kota besar sekarang. Saya ingat waktu pertama-tama sering ke Lampung untuk mendirikan harian Radar Lampung itu, Bandarlampung nggak seperti ini. Aduh-aduh, sekarang sudah kota besar. Hotelnya sudah hebat-hebat,’’ cetusnya. Diketahui, rangkaian kegiatan DI berlangsung sejak Kamis (7/11) malam. Ketika itu, DI yang juga ketua umum Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) melantik pengurus FOBI Lampung periode 2013–2017. Di bagian lain, haru dan bahagia tidak bisa disembunyikan dari raut wajah M. Joni Sohibi, warga Dusun 1, Natar II, Lamsel. Dia berhasil mendapatkan hadiah utama berupa satu unit sepeda Motor TVS. Setelah hadiah utama diundi dan dibacakan langsung oleh Wakil Direktur Radar Lampung Taswin Hasbullah, sontak seluruh peserta yang hadir pada acara senam Demi Indonesia (DI) itu tertuju kepada sumber suara. Joni mengaku tidak menyangka mendapatkan hadiah berupa satu unit motor yang disediakan oleh panitia. ’’Saya tidak menyangka, karena saya ikut kegiatan ini diajak teman,’’ ungkapnya. Memiliki kendaraan roda dua baru merupakan cita-citanya sejak lama. ’’Pertama saya beli motor pada 2003 belum pernah ganti. Alhamdulillah, saya dapat motor baru. Sangat-sangat tidak menyangka,’’ aku Joni tanpa dapat menyembunyikan kegembiraannya. Di bagian lain, terkait soal tanah PTPN 7 yang diperuntukkan bagi Kotabaru, menurut mantan bos PT PLN

itu, tanah seluas kurang lebih 350 hektare di kawasan Jatiagung, Lampung Selatan, memastikan tak ada lagi masalah. Tanah itu, lanjut dia, sudah lama sekali dilepaskan untuk kepentingan Pemprov Lampung. Karena itu, lanjutnya, persoalan tanah sudah tak ada lagi hubungannya dengan BUMN. ’’Nggak ada masalah lagi dengan BUMN. BUMN tidak usah ikut campur. Tak usah memberi perhatian apa pun. Karena nanti salah. Karena tanah itu sudah diserahkan ke Pak Gubernur,’’ katanya di Bandara Radin Inten II kemarin. Sepengetahuan Dahlan, peruntukan tanah itu oleh pemprov lalu diubah untuk kepentingan pembangunan Institut Teknologi Sumatera (Itera). Menurutnya, hal itu sepenuhnya adalah hak Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. Secara tegas, Dahlan juga menilai keberadaan institusi perguruan tinggi seperti Itera memang penting bagi Provinsi Lampung. ’’Kita serahkan sepenuhnya ke Pak Gubernur mau dijadikan apa. Karena membangun institut yang besar juga penting di sini,’’ ucapnya. Sebelumnya, terkait persoalan lahan ini, Kepala Bidang Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah (HTPT) BPN Lampung Ica Hestia Dewi menuturkan, kini prosesnya masih pada pembahasan di BPN Pusat. Sayangnya, ia belum dapat memastikan kapan proses pengurusan di BPN Pusat selesai. Alasannya, kasus pengalihan HGU sangat jarang mereka tangani. ’’Paling-paling satu tahun hanya ada satu kasus. Jadi, saya juga kurang ingat berapa lama prosesnya,’’ kata dia di ruangannya. Terpisah, Sekretaris Provinsi Lampung Berlian Tihang mengamini pernyataan Dahlan. Menurutnya, persoalan tanah Itera sudah tak ada kendala lagi. Kini peruntukan Itera kurang lebih memang seluas 300 hektare. Sebanyak 50 hektare diperuntukkan bagi kepentingan publik dan pembangunan sekolah Yayasan Al-Kautsar.

Sanksi.. Sementara Husnul Mafahir, anggota DPRD Lamtim, meminta kepada Disdikpora agar memberikan teguran keras dan imbauan kepada guru lain agar dalam menegur siswa yang nakal secara baik. ’’Kita berharap kejadian ini tidak terulang. Sebab, kasihan orang tua siswa, Tentu jadi shock bila mendengar kejadian itu,’’ ungkapnya. Kendati bakal mendapatkan sanksi administrasi dari Disdikpora, Cnd dipastikan tak tersentuh pidana. Ya, keluarga Nga tidak menuntut. Sedangkan kepolisian setempat memastikan tidak melanjutkan kasus ini. Kapolsek Bumiagung Iptu A. Roni Nababan mengaku tidak terdapat kekerasan di tubuh korban yang masih duduk di bangku kelas VI SD itu. Menurutnya, teguran yang disampaikan Cnd, gurunya, agar Nga tidak nakal, menjadi penyebab utama kejadian itu. ’’Informasi yang kami terima demikian. Karena tertekan pikirannya, maka dia nekat sampai begitu (gantung diri, Red),’’ kata Roni.

Tidak hanya Itera, Dahlan juga menyoroti kinerja PLN Distribusi Lampung. Utamanya menyangkut biarpet. ’’Saya kok tidak masuk akal ya, Lampung krisis listrik? Nggaklah. Cukup. Lampung cukup sekali,” katanya di Bandara Radin Inten II kemarin. Mantan CEO Jawa Pos (grup Radar Lampung) ini mengatakan, seharusnya Lampung menyuplai listrik ke provinsi tetangga. ’’Saya tanya kenapa? Mestinya cukup sekali. Yang Sumatera Barat sudah selesai malahan. Karena Sumbar itu kan danau-danaunya memang kering. Tapi, sekarang sudah bisa memenuhi waduk danau yang ada di sana,’’ cetusnya. Karena itu, menurut dia, kondisi biarpet Lampung akan langsung ditanyakannya ke PLN. ’’Seharusnya nggak (tak ada biarpet, Red). Ya pasti. Nggak usah ke depan. Nanti siang juga (ditanyakan),’’ ucapnya. Beberapa waktu lalu, Deputi Manajer Hukum dan Humas PT PLN Distribusi Lampung I Ketut Darpa dalam acara di Hotel Emersia, Senin (7/10), mengklarifikasi persoalan pemadaman bergilir yang sempat diberlakukan PLN. I Ketut Darpa menerangkan, kondisi ini biarpet lebih disebabkan kerusakan mesin. Seperti kerusakan mesin boiler Unit IV Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tarahan. ’’Akibat kerusakan, kita defisit daya 100 MW,’’ ungkapnya kepada Radar Lampung. PLN Distribusi Lampung mendapat pasokan energi listrik dari pembangkit lokal dan interkoneksi Sumsel. Untuk pembangkit, di antaranya Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Way Besai sebesar 45 MW; 2 Unit PLTU Tarahan 180 MW; dan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Tarahan 16 MW. Berikutnya, Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Tarahan 30 MW; PLTD sewaan 78 MW; 1 Unit PLTU Sebalang 90 MW; dan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Ulubelu sebesar 55 MW (wdi/ p3/c2/ary)

Sambungan dari Hal. 1 Dia mengaku tidak menerima apa pun laporan atau complain dari keluarga korban terhadap tindakan yang dilakukan oleh guru Cnd. ’’Keluarganya pasrah dan menerima kematian korban,’’ ucapnya. Sebelumnya, Muhazir (30), orang tua Nga, mengaku pasrah dan menerima kematian anaknya. Keluarga pun sudah memaafkan tindakan yang dilakukan guru itu. ’’Pasrah, Mas. Keluarga sudah menerimanya,’’ katanya. Diketahui, Kepala SDN 2 Lehan Sartini telah menyuruh Cnd untuk mendatangi rumah dan meminta maaf kepada keluarga korban. ’’Kami sudah minta maaf sama keluarga dia. Saya juga sudah memperingati Cnd agar tidak terlalu keras memberikan teguran kepada anak-anak,’’ ungkapnya. Praktisi pendidikan sekaligus Pembantu Dekan (PD) I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unila Dr. M. Toha B.S. Jaya, M.S. ikut mengomentari tindakan Cnd. Dalam pandangannya, perbuatan Cnd yang

menakuti siswa bukan perbuatan yang mendidik. Menurut Toha, seorang pendidik harus memberikan hukuman edukasi. ’’Misalnya, jika anak itu nakal, berikan tambahan pekerjaan rumah (PR),” ujarnya kemarin. Pengamat pendidikan lainnya, Dr. Baginda Simaibang, M.Ed., menambahkan, siswa bunuh diri karena ditakut-takuti guru menjadi cerminan tenaga pendidik sebagai pengganti orang tua di sekolah tidak bisa berperan sebagaimana mestinya. Menurut Baginda, agar kejadian semacam ini tidak terulang kembali, guru sebaiknya melaksanakan perannya sebagai partner, friend, dan consular. Terpisah, psikolog Dwi Hafsah Handayani, S.Psi. menambahkan, seorang guru yang menakuti anak masih di usia dini merupakan tindakan yang tidak boleh disepelekan karena bisa berakibat fatal. ’’Sebaiknya, jangan suka menyepelekan suatu tindakan yang terkadang orang tua

Indonesia.. ’’Mereka patut mendapat apresiasi yang tinggi karena tidak mau tunduk pada kebijakan Australia di bawah PM Tony Abbott terkait pencari suaka dan pengungsi,’’ ungkap guru besar hukum internasional UI itu. Sebelumnya, Abbott memang gencar mengambil isu pencari suaka dalam kampanyenya saat pemilihan PM Australia. Dalam kampanye itu, Abbott menyeret

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

Jawa Pos News Network

menganggap itu hal biasa. Tapi, buat anak itu sebaliknya. Seharusnya orang tua atau guru bisa memosisikan diri sebagai teman, sehingga anak lebih terbuka untuk mencurahkan persoalan yang dihadapinya,” ungkapnya. Di sisi lain, kematian Nga yang cukup tragis juga menyedot perhatian Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Lampung. Selain mengaku prihatin terhadap kejadian ini, LPA melalui tim advokasinya akan turun ke lapangan. Hal ini diungkapkan Ketua LPA Lampung Aryodhia Febriansya. Menurutnya, tim advokasi akan turun ke lapangan guna menelusuri motif Nga gantung diri. Pihaknya akan berkoordinasi dengan kepolisian penyebab Nga nekat gantung diri. ’’Anak usia belasan tahun sudah melakukan aksi demikian sangat miris. Terlebih diduga disebabkan sang guru. Jika itu memang benar, bisa dilakukan tindakan hukum kepada guru tersebut,” tegasnya. (ung/p3/c2/ary)

Sambungan dari Hal. 1 nama Indonesia sebagai pelengkap dalam realisasi janji kampanyenya. Selain itu, PM Abbott telah memerintahkan AL Australia agar mereka menghalau dan menyerahkan para imigran gelap yang telah dievakuasi oleh kapal Australia ke Indonesia. ’’Itu merupakan pelanggaran. Para pengungsi ini harus mendapatkan hak-haknya sebagai pengungsi dari pemerintah

Australia berdasarkan Konvensi Pengungsi,’’ ungkapnya. Sebelumnya, santer diberitakan oleh sejumlah media asing bahwa kapal Australia menolong para pencari suaka setelah mereka menerima pesan darurat. Mereka menerima pesan permintaan tolong kapal pencari suaka di lepas pantai sebelah selatan Pulau Jawa pada Kamis (7/11).

Berdasarkan laporan, awak kapal Australia menolak membawa para pencari suaka itu ke negaranya. Mereka juga mengatakan bahwa terjadi kebuntuan karena kapal Indonesia tidak mau menerima para pengungsi ini. Hingga kini masih belum diketahui pasti berapa jumlah para pencari suaka yang berhasil diangkut ke kapal Australia itu. (jpnn/p3/c2/ary)

Untuk Kali Pertama, DBL Indonesia All-Star Kunjungi California (4)

Belajar Trik Peraih Medali Emas, Kunjungi Kampus Commissioner Tim DBL Indonesia All-Star 2013 kembali dapat ilmu basket. Kali ini dari mantan juara WNBA dan pemegang dua medali emas Olimpiade. Setelah itu, mengunjungi kampus commissioner DBL dan makan di tempat dia dulu bekerja sebagai pelayan. Laporan Azrul Ananda, SACRAMENTO PELAJARAN basket dari orang hebat kembali didapatkan rombongan Developmental Basketball League (DBL) Indonesia All-Star 2013 di Sacramento, ibu kota Negara Bagian California. Selasa (4/11), para pemain dan pelatih SMA pilihan dari berbagai penjuru Indonesia itu dapat ilmu dari Henry Turner, mantan pemain klub NBA Sacramento Kings. Kamis (7/11), mereka ganti dapat pelajaran seru dari Ruthie Bolton. Mantan pemain WNBA di klub Sacramento Monarchs itu punya prestasi luar biasa selama karirnya. Saat masih kuliah, dia ikut meraih medali emas dalam kompetisi antar-universitas sedunia yang diadakan di Inggris. Sebelum WNBA dimulai pada 1997, dia membantu tim nasional AS meraih medali emas dalam Olimpiade Atlanta 1996. Bolton lantas mengulang prestasi serupa pada Olimpiade Sydney 2000. Saat klinik basket ini, Bolton dibantu Lineni Noa Keil, seorang personal trainer yang juga melatih basket para pemain SMA hingga tingkat NBA dan WNBA. Bila dari Henry Turner anakanak DBL All-Star dapat penekanan kembali pentingnya latihan fundamental, dari Bolton, mereka dapat teknik-teknik baru untuk meningkatkan kemampuan. Khususnya yang terkait dengan defense dan ball handling. Bolton mampu membuat pemain DBL All-Star kesulitan sekaligus penasaran. Misalnya, saat harus melakukan push-up dengan menggunakan dua bola basket. Ketika Bolton melakukan, tampaknya mudah. Ketika anakanak DBL All-Star mencoba, ternyata sulitnya minta ampun! “Banyak pengalaman baru setelah diajar Ruthie,” ungkap Gabriel Jorge Josua Senduk dari SMA Lokon St. Nikolaus Tomohon. Di sisi lain, Bolton mengaku dapat kegembiraan tersendiri bertemu para pemain DBL AllStar. Beberapa kali dia terlihat tertawa lepas melihat aksi para

pemain. Yaitu, ketika mereka sulit menirukan gerakan yang dia lakukan. “Dalam latihan singkat tadi, saya ingin menanamkan pola pikir yang sangat penting kepada para pemain DBL All-Star. Saya ingin mereka mampu berpikir untuk selalu bekerja keras dan selalu memberikan yang terbaik,” ujar perempuan 46 tahun itu. “Jika mereka memiliki modal ini, kemampuan bermain basket mereka akan sangat bagus,” ujar Bolton. Setelah berlatih sekitar dua jam bersama Ruthie Bolton, rombongan DBL All-Star langsung diboyong ke California State University Sacramento, atau yang lebih akrab disebut “Sac State”. Mereka dijadwalkan makan siang di situ, sekaligus melihat dan merasakan kehidupan kuliah di Amerika Serikat. Bagi Azrul Ananda, commissioner DBL, kunjungan tersebut juga ekstraspesial. Sebab, di kampus itulah dia dulu belajar, lulus jurusan International Marketing pada Desember 1999. Di kampus itu pula, Scott Freshour –manager entertainment Sacramento Kings yang membantu program DBL All-Star di California– lulus sekitar lima tahun kemudian. Lulusan terkenal lain dari Sac State? Ada Tom Hanks, aktor superkondang peraih piala Oscar! “Selamat datang di rumah, Azrul dan Scott,” kata Freshour menyambut rombongan begitu turun dari bus. Sebelum tur kampus, rombongan makan siang di Dining Commons, kafetaria khusus untuk warga kampus yang tinggal di dormitory. Bagi Azrul, lagi-lagi ini sangat spesial. Sebab, ketika kuliah dulu, di Dining Commons inilah dia bekerja. “Tiap hari bedabeda. Kadang melayani bagian makanan, kadang membantu chef di dapur, kadang membersihkan meja dan ruangan. Kadang pula bagian cuci piring,”

Susi.. ’’Ditanya kenal Susi sama Wawan dalam kasus Pilkada Lebak, saya bilang tidak pernah ketemu,’’ kata Djo di KPK, Jakarta, kemarin. Menurut Djo, dia tidak mengetahui sama sekali perihal Pilkada Lebak. Pasalnya, dokumen-dokumen terkait pilkada itu belum diterima Kemendagri. ’’Pilkada Lebak ini kan masih bermasalah, gugatan di MK, jadi dia belum sampai pada Kemendagri,’’ ujar Djo. Anggota Pansel Mundur Di bagian lain, dua dari tiga anggota Panitia Seleksi (Pansel) Dewan Etik MK dinyatakan mundur sebelum menuntaskan tugasnya. Mereka adalah Prof. Dr. Azyumardi Azra dan Prof. Dr. Saldi Isra. Mundurnya kedua profesor itu dibenarkan sendiri oleh Ketua MK Hamdan Zoelva. Hamdan menjelaskan bahwa mundurnya Saldi Isra terkait dengan aturan teknis keberadaan status Dewan Etik yang dianggap Saldi sama dengan Majelis Kehormatan Hakim Konstitusi (MKHK), sehingga sekretariat Dewan Etik maupun MKHK yang kini berada di Gedung MK, menurut pandangannya, seharusnya berada di Komisi Yudisial (KY).

Sambungan dari Hal. 1 ’’Walaupun saya katakan bahwa ini kan bukan MKHK, tapi Dewan Etik. Jadi itu dua hal yang berbeda. Tapi, karena beliau sudah menyampaikan demikian sehingga jadi merasa kurang pas (berada di Pansel, Red),” kata Hamdan di ruang kerjanya kemarin. Atas pandangannya itu, Hamdan tetap menghormati keputusan Saldi untuk mundur dari keanggotaan Pansel Dewan Etik MK. “Saya hormati karena itu adalah pendapat beliau,” ujar Hamdan. Hamdan menjelaskan bahwa dengan mundurnya kedua anggota Pansel Dewan Etik MK itu pada lusa kemarin, maka dia telah menunjuk penggantinya, yaitu Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Slamet Effendi Yusuf serta Guru Besar dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof. Dr. Aswanto. Hamdan menambahkan bahwa ketiga anggota Pansel Dewan Erik MK akan segera bekerja pada minggu depan. BNN Gelar Rekonstruksi Badan Narkotika Nasional (BNN) kemarin menggelar rekonstruksi di ruang kerja mantan Ketua MK Akil Mochtar, tempat ditemukannya ganja

Timang.. Kejutan pertama Dahlan pun dimulai. Sosok Dahlan yang familier, kontan menyita perhatian para pengunjung restoran yang baru dibuka beberapa hari lalu. ’’Lho, itu kan Pak Menteri Dahlan Iskan? Saya mau foto bareng,’’ kata seorang ibu berkerudung setengah berteriak saat melihat Dahlan masuk dan tiba-tiba duduk di seberang mejanya. Alih-alih menunggu hidangan, Dahlan tanpa canggung menggendong M. Ravi (5 bulan), cucu Mansyur, salah satu pengunjung yang kebetulan duduk di belakangnya. ’’Dia difoto bisa action,’’ seloroh Pak DIS –sapaan akrab Dahlan Iskan– seraya tertawa lepas. Acara makan itu akhirnya

ungkap Azrul yang mengaku bekerja karena saat kuliah dulu Indonesia (dan Asia) sedang dilanda krisis ekonomi. “Aneh juga rasanya datang makan di sini. Sebab, bos saya dulu masih di sini sekarang, dan beberapa rekan kerja juga masih di sini. Saya masih hafal setiap sudut ruangan dan bagaimana membongkar serta membersihkan semua peralatan di sini,” ujarnya. Freshour pun punya kesan manis di Dining Commons. Dia dulu tinggal di dormitory dan setiap hari makan di kafetaria tersebut. Di kawasan itu pula dulu dia bertemu Yolanda, teman kuliah yang kini menjadi istrinya. “Setiap ulang tahun pernikahan, kami selalu piknik di sekitar sini, mengenang tempat kami bertemu dulu,” ceritanya. Karena rombongan terkenal suka makan, Dining Commons menjadi tempat yang cocok. Maklum, menunya sangat beragam dan di sana makannya all you can eat alias bebas tambah sekenyangnya! Setelah makan, rombongan dijemput Caroline Peretti, dari departemen International Admissions (yang mengurusi pelajar-pelajar internasional di Sac State). Peretti lantas mengantar rombongan untuk tur kampus. Menunjukkan gedung-gedung utama, termasuk menjawab pertanyaan-pertanyaan soal sekolah di Sac State. “Kampus ini memiliki 29 ribu pelajar. Sekitar 40 persen kulit putih dan 21 persennya keturunan Asia. Sebanyak 2 persen juga terdaftar sebagai international student, yang bisa datang dari mana saja di dunia,” jelasnya. “Salah satu ciri utama kampus ini adalah pohon. Total di kampus ini ada lebih dari 3.000 pohon!” tegas Peretti. Dasar anak-anak basket, bagian paling disukai tentu yang berkaitan dengan olahraga. Kebetulan, Sac State punya fasilitas baru yang supercanggih, bernama The Well (dari kata Wellness atau kesehatan jasmani dan rohani). Pada dasarnya, The Well adalah fasilitas yang berisi berbagai kebutuhan kesehatan dan kebugaran warga kampus. Mulai optik, dokter gigi, dan beberapa pelayanan kesehatan lain. (p3/c2/ary)

dan pil sabu. Rekonstruksi itu dilakukan untuk mencocokkan laporan dari MK dan penyidik KPK tentang penemuan narkoba tersebut. Kepala Bagian Humas BNN Kombespol Sumirat Dwiyanto mengatakan, dalam rekonstruksi yang diadakan kemarin sekitar pukul 10.00 itu, pihaknya menelusuri lokasi-lokasi penemuan tiga linting ganja dan dua pil sabu di ruang kerja Akil. “Yang pasti, kita melakukan pemeriksaan sesuai berita acara pemeriksaan (BAP) KPK dan MK, di lokasi-lokasi sesuai dengan laporan di tempat kejadian perkara (TKP),” kata Sumirat. Sumirat menjelaskan, rekonstruksi dilakukan untuk menyelidiki alur masuknya barang haram itu hingga di ruang kerja Akil di gedung MK. “Kita telusuri di laci, meja, dan bagaimana juga narkoba itu masuk,” ujar Sumirat. Namun, dia menegaskan, pihaknya belum mengarahkan rekonstruksi kemarin untuk penyelidikan dari mana Akil memperoleh narkoba itu. “Kami belum tahu sindikat atau jaringan mana Akil mendapatkan narkoba itu. Sementara ini, kita hanya mencocokkan TKP dengan BAP,” ungkapnya. (jpnn/p3/c2/ary)

Sambungan dari Hal. 1 berubah jadi ajang bareng. Pak DIS yang dikenal aktif itu juga menyambangi meja prasmanan. Makanan pertama yang dipesannya: karedok. ’’Minta satu karedok tidak pedas,’’ ucapnya santai kepada pelayan yang menunggunya. Bukannya melayani pesanan, sang pelayan malah meminta foto bareng. ’’Ya, ya boleh, boleh,’’ kata Dahlan tersenyum. Acara makan beres sejam kemudian. Setelah itu, rombongan bergerak menuju Hotel Novotel untuk bersiap-siap menghadiri acara pelantikan pengurus Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Lampung. Sesampainya di Hotel Novotel, Dahlan menyempatkan diri berbincang dengan lima orang

mahasiswa dari BEM Universitas Lampung (Unila). Kepada mereka, Dahlan meminta agar ikut ke acara pelantikan FOBI Lampung. Solihin dan kawan-kawan yang memang sengaja hanya ingin bersilaturahmi itu pun akhirnya turut ikut kegiatan Dahlan. Tak berselang lama, Dahlan mengganti baju kemeja putih khasnya dengan baju khas Tiongkok. Dibalut jaket hitam FOBI, bercelana dasar hitam, dan bersepatu kets, Dahlan beserta rombongan melaju ke Gedung Yayasan Hakka Metta Sarana, Telukbetung, Bandarlampung. Kejutan kedua datang di tempat itu. Ketika itu, pemrakarsa FOBI Lampung Hartarto Lojaya menyelipkan pidato sambutan dalam bahasa Tiong-

kok. Maksudnya jelas. ’’Menantang’’ Dahlan berbicara dalam bahasa Tiongkok. ’’Saya sengaja memancing Pak Dahlan supaya pidato pakai bahasa Mandarin,’’ seloroh pria yang juga anggota DPRD Lampung ini. Tantangan Hartarto bak gayung bersambut. Hadirin yang mendengarkan sambutan Dahlan dibuat terkagum-kagum. Sang menteri yang punya nama lain Yu Shi Gan ini fasih berbahasa Mandarin. ’’Wah hebat, bagus sekali pidato Pak Dahlan. Secara garis besar, beliau menyampaikan pentingnya olahraga barongsai dilestarikan,’’ kata seorang warga keturunan yang menerjemahkannya untuk Radar Lampung. Namun, ’’tantangan’’ untuk Dahlan belum berakhir. Sesaat

setelah sambutan, giliran pembawa acara yang menodong Dahlan untuk bernyanyi. Tak kurang akal, sang menteri yang dikenal mudah akrab ini langsung berlari ke panggung dan mengambil alih mikrofon. ’’Saya tak bisa nyanyi. Suara saya jelek. Tapi, saya bisa satu lagu saja,” katanya. Mengalunlah lagu berirama folk Brother Jhon. Lagu tradisional dari Prancis. Tapi, oleh Dahlan dinyanyikan dalam bahasa Tiongkok. Kontan saja, ribuan hadirin yang memadati aula Hakka Metta Sarana bertepuk riuh dan ikut bernyanyi. Dahlan menghidupkan suasana dengan lagu yang sederhana itu. Dahlan mengikuti rangkaian demi rangkaian acara dengan

antusias. Pria yang sempat menjalani operasi ganti hati ini tetap melayani permintaan foto bareng para hadirin. Ketika rangkaian acara selesai sekitar pukul 22.30 WIB, ia masih terlihat segar keluar dari gedung. Ketika sampai kembali di hotel, dirinya masih sempat meladeni sejumlah tamu hotel yang ingin berfoto dengannya. Tapi, aktivitasnya hari itu terhenti ketika sang istri tercinta, Nafsiah Sabri, mengingatkannya untuk beristirahat. Sang menteri akhirnya mengalah dan beranjak istirahat. Ketika itu, waktu sudah menunjukkan pukul 23.00 WIB lebih Keesokan harinya, agenda masih tetap padat. Dahlan beserta istri memulai aktivitas sejak pukul

05.30 WIB. Bersama ribuan warga kota, ia asyik mengikuti even Senam Pagi Bersama Dahlan Iskan di Lapangan Saburai, Bandarlampung. Usai senam, Dahlan dan rombongan bergerak menuju kompleks kantor PTPN 7 untuk sarapan pagi. Di tempat ini, ia menyempatkan diri untuk menanam pohon. Barulah sekitar pukul 11.00 WIB, Dahlan dan Nafsiah Sabri pun kembali bertolak ke Jakarta. Dengan menumpang pesawat Garuda Indonesia Airways (GIA), Dahlan dengan santainya menutup kepala dengan jaket hitam. ’’Ding (panggilan sayang Dahlan ke Nafsiah, Red) mau tinggal di sini?’’ candanya kepada sang istri tercinta. Yang ditanya pun melempar tawa. (p3/c2/ary)


SABTU, 9 NOVEMBER 2013

BERITA UTAMA

5

Jawa Pos News Network

SUAP BEA CUKAI

Periksa Wabup Wonosobo SKANDAL suap di tubuh Ditjen Bea dan Cukai terus bergulir. Mantan istri muda tersangka Heru Sulastyono, Widyawati, memberikan banyak informasi baru seputar kasus itu. Dia merupakan pihak yang mendapat banyak fasilitas dari hasil suap tersangka Yusran Arief. Sejumlah petak tanah yang diatasnamakan Widyawati di Serpong, Tangerang, kini dalam proses penyitaan oleh penyidik. ”Kami juga baru mendapatkan info aset lainnya berupa tanah dan ruko di Jakarta serta sedang dicek oleh penyidik,” terang Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Brigjen Arief Sulistyanto kemarin. Kemudian kemarin penyidik juga menyita brankas milik Heru. Brankas itu sebelumnya tidak bisa dibuka di rumahnya, sehingga penyidik hanya menyegel. Kemarin, brankas setinggi satu meter itu dibawa ke Mabes Polri. Rencananya, penyidik meminta mantan Kasubdit Ekspor dan Impor Ditjen Bea dan Cukai itu untuk membukanya. Sementara itu, istri pertama Heru, Maya Rosida, dijadwalkan menjalani pemeriksaan pada Senin (11/11). Wakil bupati (Wabup) Wonosobo, Jawa Tengah, itu sudah dikirimi surat panggilan sejak Selasa (5/11). ”Kami perlu meminta keterangan dari pihak keluarga, salah satunya istri,” ungkapnya. (jpnn/p6/c2/ary)

PAHLAWAN NASIONAL

SBY Beri Anugerah PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada tiga tokoh pejuang. Mereka adalah almarhum K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat, mendiang Lambertus Nicodemus Palar, dan almarhum Letjen TNI Tahi Bonar Simatupang. Penganugerahan gelar itu sesuai dengan Keppres No. 68/TK/Tahun 2013 Tanggal 6 November 2013. Radjiman berjasa mengendalikan perbedaan pendapat di antara anggota Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) tentang dasar negara. Dia juga menyampaikan ide-ide tentang kemerdekaan, meski ketika itu Jepang masih berkuasa. Radjiman menjabat ketua Boedi Oetomo periode 1915–1923 dan ketua BPUPKI 1944. Almarhum Lambertus dikenal karena keberhasilannya mendesak Dewan Keamanan PBB untuk memerintah Belanda mengadakan gencatan senjata dengan Indonesia. Dia berhasil meyakinkan dunia internasional akan eksistensi bangsa dan negara Republik Indonesia. Terakhir, almarhum Letjen TNI (Pur.) Tahi Bonar Simatupang adalah salah seorang di antara dua tokoh militer yang hadir dalam Konferensi Meja Bundar di Den Haag, Belanda, 1949. (jpnn/p6/c2/ary)

Sanksi Rendah Picu Peredaran Obat Berbahaya JAKARTA - Peredaran obat berbahaya belum bisa dibendung. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan 59 jenis obat tradisional yang mengandung bahan kimia beredar di pasaran. Deputi II Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetik, dan Produk Komplemen BPOM Bahdar Johan Hamid mengatakan, dalam jangka waktu dua tahun terakhir setidaknya ada 44 kasus penjualan obat tradisional berbahaya yang diajukan ke pengadilan. Sayangnya, sanksi paling tinggi yang diputuskan pengadilan hanya berupa pidana kurungan dua tahun dan denda Rp22,5 juta. Alhasil, banyak pihak terus melakukan produksi obat tradisional berbahaya. Selain karena pidana ringan, denda pun tidak sebanding dengan keuntungan yang diperoleh. Padahal bahaya yang bisa ditimbulkan dari penjualan obat tradisional itu kematian. ”Kegiatan memproduksi atau mengedarkan obat tradisional yang mengandung bahan kimia merupakan pelanggaran tindak pidana,” tegasnya. Di antara 59 jenis obat tradisional berbahaya yang ditemukan BPOM, didominasi obat jenis penghilang rasa sakit. Hal itu terlihat dari kandungan paracetamol, fenilbutason pada obat rematik dan sildenafil pada obat penambah stamina yang dapat menyebabkan kematian mendadak. ”Karena itu, BPOM me-

nerbitkan peringatan atau public warning dengan tujuan agar masyarakat tidak mengonsumsi obat-obat tersebut,” ujar Bahdar. Di antara 59 obat berbahaya itu, dua

di antaranya memiliki nomor registrasi BPOM. Sedangkan sisanya tidak terdaftar atau memiliki nomor registrasi fiktif. Sebagai tindak lanjut terhadap temuan itu, BPOM telah melakukan penarikan produk dari

peredaran dan kemudian memusnahkan. Untuk obat yang telah terdaftar, nomor izin edarnya akan dicabut. Pemilik juga akan diproses secara hukum. (jpnn/p6/ c2/ary)

PENYIDIK KPK

Kejagung Kirim 100 Jaksa KEJAKSAAN Agung (Kejagung) memenuhi permintaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menyediakan jaksa penuntut umum (JPU) di lembaga antikorupsi itu. Tidak tanggungtanggung, Kejagung telah mengirim 100 jaksa terbaiknya untuk mengikuti seleksi perekrutan personel KPK. Jaksa Agung Basrief Arief mengatakan, ke-100 jaksa yang telah dikirim ke KPK akan menjalani proses seleksi kelayakan. ”Sudah, sudah sekitar 100 jaksa yang dikirim. Tapi nanti kan mereka itu akan diseleksi oleh KPK,” kata Basrief di gedung Kejagung kemarin. Basrief menjelaskan pula bahwa dari proses seleksi itu hanya sekitar 40 jaksa yang akan diterima untuk berdinas di KPK. ”Kemungkinan jumlahnya berkurang karena ada seleksi. Nanti diseleksi lebih lanjut jumlahnya dan jumlahnya jadi 40,” ungkapnya kepada wartawan. Selain itu, Basrief juga menambahkan bahwa 40 jaksanya tersebut akan menambah personel JPU di KPK yang telah ada. Namun, lanjut Basrief, penugasan jaksa itu tidak berhubungan dengan agenda rolling jaksa di Kejagung. ”Mereka itu untuk tambahan JPU di KPK yang sudah ada, yang rolling lain lagi,” imbuh Basrief. (jpnn/p6/c2/ary)

Diperiksa Lagi, Karen Serahkan Data JAKARTA - Direktur Utama PT Pertamina Karen Agustiawan kembali diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dalam pemeriksaan lanjutan itu, Karen datang dengan membawa beberapa dokumen. Tidak dijelaskan apa dokumen itu, yang pasti ada kaitan dengan kasus SKK Migas yang melibatkan mantan pimpinannya, Rudi Rubiandini. Sama seperti sehari sebelumnya, Karen baru menyelesaikan pemeriksaannya dan keluar gedung KPK pada pukul 19.30 WIB. Bedanya, pertemuannya dengan penyidik lebih singkat karena dia baru datang pada siang hari. Satu yang tidak berubah, Karen tetap pelit bicara mengenai pemeriksaannya. ”Kami sudah menyampaikan

dokumen tambahan yang dibutuhkan,” ujarnya usai pemeriksaan. Tanpa menjelaskan dokumen itu terkait apa, Karen meminta kepada pewarta untuk menanyakan detailnya ke KPK langsung. Dia merasa tidak punya kewenangan untuk menjelaskan materi pertanyaan. ”Sudah kami jelaskan secara detail ke penyidik,” tambahnya. Saat datang ke gedung KPK sekitar pukul 13.30 WIB, dia sempat mengatakan ada dokumen yang dibutuhkan. Dikonfirmasi, Jubir KPK Johan Budi mengaku belum diberi informasi mengenai dokumen yang diserahkan Karen. Dia baru bisa memastikan kalau pemeriksaan pemimpin PT Pertamina itu me-

rupakan pemeriksaan lanjutan. Pemeriksaan pertama yang dilakukan pada Kamis (10/11) disebutnya masih belum cukup. ”Diperiksa sebagai saksi. Ini pemeriksaan lanjutan, bahwa dia membawa dokumen saya tidak tahu,” tuturnya. Johan juga tidak bisa menjelaskan lebih dalam kenapa Karen sampai diperiksa selama dua hari. Berdalih jubir tidak diberi tahu materi, Johan juga tidak menjawab soal isu ada penyalahgunaan wewenang di Pertamina untuk SKK Migas. Meski demikian, dia menyebut masih sangat terbuka munculnya penyelidikan baru selain suap kepada Rudi Rubiandini. Karen juga diperiksa karena dianggap tahu, pernah melihat, pernah

mendengar atau menjadi ahli dari kasus itu. Di luar Karen Agustiawan, Johan Budi mengatakan pihaknya sampai saat ini belum butuh keterangan dari Widodo Ratanachaithong. Padahal dalam sidang Operational Manager dan Komisaris PT Kernel Oil Pte Limited (KOPL) Simon Gunawan sudah menyebut jelas peran Widodo. ”Kalau diperlukan tentu akan dipanggil,” katanya. Dalam sidang itu disebutkan kalau Widodo adalah otak dibalik penyuapan Rudi. Kabarnya, uang SGD200 ribu dan USD900 yang setara Rp10,38 miliar itu dari Widodo. Tujuannya mengatur pelaksanaan lelang terbatas minyak mentah dan kondensat bagian negara di SKK Migas.

Nah, hubungan dengan PT Pertamina konon muncul dari lelang itu. Jaksa juga mengurai kalau Rudi menyetujui Fossus Energy Ltd. sebagai pemenang lelang terbatas kondesat Senipah bagian negara. Berbagai fakta itu tidak membuat KPK segera memeriksa Widodo. Ditanya apa karena status kewarganegaraan Widodo yang orang asing, Johan menampik. ”Bukan tidak bisa dipanggil (karena warga asing). Tapi, belum dibutuhkan keterangannya,” kata Johan. Namun, dia memastikan sikap KPK itu tidak untuk disimpulkan bahwa Widodo aman. Sebab, proses penyidikan masih jalan dan bisa saja dia dipanggil. (jpnn/c2/ary)


IKLAN BARIS OTOMOTIF

6

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

MOTOR DIJUAL • HONDA • JUAL CEPAT MEGA PRO TH 2011 BE HITAM MULUS HRG 17JT NEGO HUB 081279490567/0878 99971453 BLADE NEW CW DOBEL DISK 2012 BE B.LPG MTR BAGUS SU RAT LENGKAP 9JT;HB 0813691 09088

• BAJAJ • PULSAR 135CC MERAHTH10AN. SENDIRI HB;081933552160

• YAMAHA • JUAL CPT XEON ’11 TG1,BE KDY ,PUTIH,NEGO HB;089693646450

MOBIL DAIHATSU

XENIA LI SPORTY TH 04 BE WRN. SILVER KONDSI TERWAT HRG 78JT NG BS KREDIT;HB 0813797 05550 XENIAXI 2010AKHR BEABU MTLK BRG RAWATAN ASURANSI OLR ES MBL SIAP PAKAI 115JT NG 08536717788 ESPAS M.BUS BE KDYA,MRH,16 CC,AC TAPE,PJK BR,SIAP PKAI, 315 NG. 081369103200 FEROZA ’95 BE KDY,MRH MRN, AC,TIP,PJK BR,L/D,BODY ORI, SIAP PKI 55JT NG 081369921435 JUAL CPT XENIA LI ’04 BE KDY, PJK BR,AL TIPE PW,SIAP PKAI.84 NG. 085377773138 XENIA.LI.SPORTI 2005 BE KDYA HTAM.MET.PS,PW,AC,VR,CD,TV, CL,SPIONSEN,87JT;HUB 08538094 7422

XENIA XI SPORTY ,SILVER TH 05 ,B,FULL ORI ,100JT NG;0853778 57777

BLACK PANTHER TH 2003 HITAM ,SIAP PAKAI H NEGO ;081272 76123

CRV 2.4 A/T SILVER FULL ORI GRE SS KM RDH;08117222999 SOFYAN

CHEVROLET

PANTHER SPORTY 97 BIRU META LIK ,57JT NGO ;0815410999 21/ 0812 79519924

JAZZ RS MATIC 08 ABU2 SMUA MSH STD DEALER KM RNDH JRG PKAI;082377328000

FORD

PANTHER LV SMART05 PJK BARU ASLI PRIBADI BISA TT ;08136905 5444

FORD LINX 1.8 LMTD SILVER MT 04 L/D ORI PNEL WOOD DBL AIR BAG VR17 ISTMW;085269172345

TOURING 2007 HTM S.PKAI ORI BE PJK BRU 170 JT NG H. 0813696 49260

FREED WRN.PUTIH TH 2010 PSD KM 34000 TGN I DRI BARU PPJK PNJG HRG NEGO;HUB 081541344 276/081279287776

CAPTIVA 2.4 LT M/T ’09 MRH MET FULL ORI KM RDH BE KDY ;08117 231349 SOFYAN

FORD LASER ’96 PLAT B,PS AC CD HRG 25JT(HRGTRMSUK BBN) 082183061925 ESCAPE XLT 05, 99% SPT BARU KRDT DP 28JT NG,ANG 3.210RB X35 CAS 105JT NG BS TT MBL ;085382369500

ISUZU

HONDA JAZZ 05 AT BE ,MERH VELG17 AUDIO TV INT FULL KLT MERAH ISTW ,DP 60JT ANGS 3,4X20BLN; 085369481421/085758916320 JUAL CPT JAZZ 04 HTM,KODYA, OVR KRDT DP NEGO ,ANGS 2,7JT X22LN,AC DGN VRBR,NEGO PEMAKAI ;0811728136

GRAND MAX 1.5 BOX 08 AKHR BE KDY BRG SIAPPAKAI ;081272 76123

PANTHER LS HIGRADE 03 ,KOD YA,ACDB PWPS ,EM,JOK BLKG HDP DPN,125JT NG;08129184 6647

TERIOS TX ADV,APRIL 2012 BE EX.WANIT,AN.SDRI,KM RNDAH HB;082372858551/081272888855

XENIA’04 LI, PW PS PLAT B COKLT METALIK H. 79,5JT NEGO: 0813161 54541

PANTHER GREEN DELUXE TH 96 BE KDY,,PW/PS,VR BR HRG 52JT NEGO HUB 08127924702

GRAND CIVIC 90 BE,HITAM ,AC EM,PW ,PS BU 40JT NG;081279 457778

TERIOS TX 2011 BELI 2012 TERAWAT BE KODYA HITAM MLS PJK PJG ;082181678111

GRAND MAX PU 1.3 TH 2013 HITAM BE KDYKM 7RB SPTBARU ;085267259998

PANTER LS’00, BE,ABU MET, AC DB,PW,PS VR BR,JOK HDP DPN ,TGN I, SIAP PKI. 081369103200

MAESTRO 91 BE KDY BODY INT ORI ISTMW 39JT NG BS TT MBL/ MTR;085382369500

XENIA LI 06 VVTI BIRU MET ,BE KDY ISTMWA 95JT NG ;08527946 8579

JUAL CPT ESPASS BE 2004 MLS, BIRU MET,VR,HRG 45JT NG ;0813 69580721

PANTHER ROYAL 2,5 TH96 ,BE,HIJAU MET,AC TAPE,VR KONDSI BGS;082184925024

CITY VTEC 06, BE KDY HTAM, PJK BRU, TGN 1,MULUS 132 NGO 0856 92337003

XENIA LI 08 AKHR ,SLVER,PW,BE CL ,FOGLAMP, SENSR PARK, SPION SEN,AC,MLS,TAPE D DIN,BR,VR 106MGO ;08974142930

FERIO 97 VTECH,SILVER,SGT MLS,AN.SNDIRI,BE KDY,PJK BARU;081379229898

CITY 06AT BE KDY SILVERSTONE PJK BARU MBL GRESS NGO;0852 67902613

COLT DSL PS 100 TH 96 DOBEL PJK TELAT 2TH BE MSN SEHAT SASIS BGS PALA REHAB DKIT 42.5JT NG;081379772777 METRO LANCER EVO3,GTI 94,AC BRU, VR,BAN BARU,KAKI2 BARU ,S.PAKAI ,61JT;081373422860 ENGKEL BOX ALMNIUM 08&07 BE KDY KM RNDAH ISTMW SE KA LI 155JTTPJUALCPT;081172 30918 KUDA GLS 01 SOLAR PW PS CL REKONDISI DES ’13 BE KDY 0815 4065490

JAZZ RS AT 10 SILVERSTONE BE KDY AIR BAG ORI TV DVD;0812 87688989

ETERNA GTI 92 ,SIAP PAKAI ,MSN KRG,AC DGN,BRG SIMPANAN ,29JT NG;081373422860

MITSUBISHI

PAJERO EXCEED MATIC BE 2011 ABU2 TUA MET ,MLS TRWT ;0813 79999912

PENAWARAN KENDARAAN : MITS FE74 HD/TRUCK/2011/BE 9436 JE/125PS,MITS.FE349/TRU CK/2005/BE 9239TB/120PS. MITS. FE349/TRUCK/2004/BE 9375 TB/ 120PS.MITS FE334/TRUCK/2005/ BE 9205ED/100PS HUB ;0721.265 236/082185217109 LANCER TH82,TAPE ,AC DGN, BODY KLG ,19JT ;082375108779 CANTER 125 TH 07 BAK 6 BAN HRG 150JT NG;HB 081279359003 COLT DSL PS 100 TH 96 DOBEL PJK TELAT 2TH BE MSN SEHAT SASIS BGS PALA REHAB DKIT 42.5JT NG;081379772777 METRO

JUAL CPT L300 PU TH96 BE ,BAK BARU ,BAN BARU ,58JT NG;0813 69450892

SUZUKI NEO BALENO 08 BE UNGU MET PEMAKAI HRG 120JT VILLA CITRA 1 BLOK R NO.7 ;081272522377 BALENO 2001 MANUAL HITAM & 2000 MTC SILVER DPAKAI WNITA MBL ORI JUAL SLH 1,HB 0821789 71980 G.ESCUDO 06 BE KODYA HITAM AUDIO SOUND CC16 120JT NG. KHUSUS PMAKAI; 08127961568

BALENO SILVER TH 1997 MESIN FIT HRG 64JT;HUB 081215406244 FORSA 89 BE PJK BR,AC RT VR BR PW MR RMT,BDY KLG,DLM ORI,27,5JT TT MTR/MBL 0812792 57968 BALENO 2000 SILVER PLT KDY BODY MESIN OK PAJAK PNJNG 73 JT NGO HUB 081272857324 KATANA92 BE KODYAHTM VRBR AC RT BODY+MESIN BGS 38JT NEGO;081369276363 FUTURAMINIBUSTH 97 REALVAN ORI VR/BR/RT SIAP PKAI HRG 44JT HUB 08127924702 JIMNY 84 BE BIRU BODY CAT MESIN OK SKL BAN BSR DOBLE AKTV 38JT HUB 081278872555 BALENO 2000 BE KODYA AC VR PW CL REMOT HITAM L/D MLS 67JT HB 085380947422

JIMNY 97 BE WRN UNGU BODY MESIN OK 49JT HUB 081278 87 2555 FORSA GLX 88 BE,AC,PW,CAT MLS,SIAP PKI,25 JT NG 08121983 4271 JIMNY 96 BE KDY S.PKAI 42 JT NG H.081369649260 FUTURAPICK UP 2007 MSN SASIS BGS CATMLUS 55JTNGO 0853666 22266

MAZDA CRONOS V6 TH 97BE LAM-SEL SILVER NEGO TP HUB 08536960 5882

HOLDEN HOLDEN KINGSUUD TH 70,ORS NIL,PLAT BN ,HRG 25JT NG ;0813 69932561

TRUCK

FUTURA 02 GRV BRG GRESS SILVER MT,JUAL SLH SATU KOD YA NGO ;081369142909

2TRUCK FUSO 99-03 DAN 1 HINO ’01,KOND BGUS TG1 ,BAK PLAT ;08127911707

ANGKOT FUTURA TH04 SUKA RAME/PICK UP 08 ADA TERPAL 081369497456

DYNA 130HT DUMTRUCK 2UNIT ,08 & 11 KONDISI PRIMASIAP PAK AI ;085267259998

ESCUDO TH 94 ORSNL,SIAP PAK AI TDK KCWA,65 JT NEGO HUB 08127924702

DUM TRUK DYNA 130HT TH 2010 HRG DAMAI;HUB 08127956662

FUTURA BOX ALUMUNIUM TH 04 ORI SIAP PKAI HRG 50JT HUB 08127924702

MITS TRUK 2004 ,KUNING ,BE KDY ,PAJAK BARU,BAN BARU,AKI BARU ,KONDSI SIP ;HUB 0899339 4889


IKLAN BARIS OTOMOTIF 7

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

TOYOTA VIOS (LIMO) 08 EKS BLUE BIRD CUCI GUDANG 1-15 NOV HNY 75JT,PLAT HITAM,BANYAK PIL WARNA;HUB 081388740977/ 081287718868 KJG SPR ASTRA TH 90 6SPD AC PW FULL MUSIK BIRU MLS NAMA SNDIRI HRG NEGO;HUB 0812791 0486 JUAL CPT KIJANG KAPSUL DIESEL 99 HIJAU MET BODY MLS FOOTSTEP AC DNGIN BE PJK BARU BYAR;08117212317 FORTUNER 08 BE KDY DSL MNL HITAM SOUND SYST JOK KLT KM RDH VELG CROOM RING 20 L/ D ORI KRDT OK ,TT OK HRG NGO ;08127903581/081274175678 KJG LGX 1.800 TH02,SILVER ,PJK 14,EX.WNT ;085310155802/ 085377 778700/085310155802 HILUX DBL CABIN G 4X4 DIESEL 2010 BE KODYA HITAM TGN I KM 41RB MULUS TERAWAT ORS;082 232172424 AVANZA2011 KT MADYASLVERE AN,SDRI PRWTN DELER,ASU RAN SI PJK BARU BYR,140JT NG TP; 0811794744 KJG MB GRAND ROVER 94 BE PJK BARU AC DB DGN PS VRBR RMT DVD MLS L/D S.PKI NGO ;08127937256/0721.7553110 AVANZA, G 2011, MANUAL,PJK PJG, B, HTAM, MLUS,TRWT, ORISI NIL 085269090069 FORTUNER 2.7 G TH10,AUTO MATIC LUX,BENSIN ,PUTIH ;0813 37089495/0813539662266 TP

NEW INOVA ’11 AKHIR KM30RB SPRT BARU, HITAM, BAN BRIDGE STON NG; 085266323363

COROLLA 79 BE AC DGN BODY ,KLG,LIST LGKP ,BIRU ,FULL ORI NGO;082175400257

SEDAN NEW VIOS G BE,2008 ,MATIC,SILVER BRG ISTMWA ;08127276123

JUAL CPT GRAND EXTRA 95 HIJAU MET AC DGN HB;08217 946 6688/081369091991

AVANZA 2010 MATIC 1500 S,BIRU MET,PJK MAR ’14,CAT MLS,MSN STD ,135JT ;085208451555

STARLET 1.3 CC ’88,SLVR. BE KOY, AC,TP,VR.BDY KLNG MLS. MBL BGS.33JT NG.082379802345

STARLET TH 95 BE WRN SILVER BAN/VELK BARU SIAP PAKAI MINAT HUB;08127934069

KRISTA 97 BENSIN 1,8 BE KDY, PJK BLN8,ORI ISTMW ,AN.SDRI BS TT ;081272105807

AVANZA 2004 G BIRU MET,BE KODYA TV HARGA NEGO;0853 69 614963

COROLLA DX 83 MERAH MAROON BE KDY ORI L/D MLS S.PA KAI 30JT NG;08127940705

KJG SPR 90 LONG BE PRING SEWU PJK BLN8,GRES ,SIAP L/ D,45JT ;081272105807

CORONA EX SALOON 91 HITAM, KODYA,MLS ,30JTNGO ;08237420 4466

LSX 97 BIRU ACDB BE CD VRBR ORI L/D PJK PJG,BU BTN3, 78,5JT HB;081379281888

KJG GRAND 95 AKHR MSN 7K,PJK BARU,BIRU MT,SIAP PAKAI ,HUB ;081369142909

COROLLA DX 82 BIRU RMT AC TAPE BE KDY ,KOND BAIK,S. PAKAI NGO/DAMAI;08127900344

AVANZA VVTI M/T HTM TIPE G BE KDY AN.SDRI DVD 125JT NG; 081957325554

LSX ’02 EFI 1.8 BE KDY ,PUTIH MUTIARA DARI BARU CD PJK PJG BU 97,5JT ;082181323338

INNOVAV DIESEL2009ABU2 MET BE KDY TGN I KM RENDAH MULUS TERAWAT;082232172424

RUSH S 10 SILVER PLAT B,AN. SDRI PJK 06,KONDSI OK ,155JT NG;081272438881

RUSH S MANUAL 2010 HITAM BE KDYTGN I MULUSTERAWAT;HUB 082232172424

KJG SPR G 95 BE KDY PJK PJG VRBR CD PS AC ABU2 MET ,63JT NG PRBDI;085269740555

INNOVA V BENSIN 2011 HTM PJK BR BE KDY NOPIL,KF LLUMAR, REM ABS,AIRBAG,FULL ORI, PANEL KAYU;081287688989

LGX 1.8 TH 04 GOLD,B,MLS, ORSI NL,TV,DVD, 125 JT NEGO HB 0853 81359781 KIJANG MINIBUS TH 96 BE KDY, AC,DB/PS,VR/BR SIAPPAKAI HRG 58JT NEGO 08127924702 JL TYTA GREAT 94 MLS, SLVR, CCK U PMKAI LGSGAC DGIN, VR, 67JT NETT JL AGUS SLIM GG MNGGA 2 NO 19 082185591234

JUAL CPT.KJG ROVER 90 MBL OK,MSN BANDEL ,S.PAKAI ,36JT NET;081279087258 CORLLA DX 81 RETRO BE AC DGN RT BODY INT MLS,MSN BGS ,18JT NG;085382369500 KIJANG INNOVA G 2010 AKHR MBL FULL ORI TRM ATAS NMA PEMA KAI HB ;082185391999

AVANZA TIPE E ’07 WRN SILVER PLAT B, HUB; 07217395722 KJG KF TH 88 ,HIJAU TUA BE AC VRBR,MESIN KRG,39,5JT TP ; 085279803144 KJG MB ASTRA TH91 ,BE ,STDR ,AC DB PS ,38JT ;081369930691 INNOVA G 07 HITAM MET SIAP PAKAI H NGO ;081279439654

TOYOTA AVANZA 2010 TYPE G HITAM SGT TRWT 124JT HB: 0821 10734562

ALL NEW COROLLA 1.8 SEG 99 BE SILVER VR17 78JT NEGO 0815 41023524

INNOVA V DISEL 10 SILVER BE REM ABS, AIRBAG,ORI KM 35RB ,GRESS ;081287688989

NEW AVANZA G 2012 HITAM B NEGO HUB 085208379797

AVANZA G 2004 AC DBL PLAT B 92,5JT BSA TRM BE 08127922541

AVANZA G 09 HITAM PJK PJG,BE AN.SDRI ,127JT NG ;085369430949

LGX 01 SILVER BE KDY 110JT NG ;082176804258

KJG SPR 91 BIRU MET SOUND SIST FULL PLAT BE +TV ;085382 964020

AVANZA G 2011 MT DARI BARU TG1,ORI ;081272147575

STARLET 89 WR.MERAH BE KDY AC DGN BGS L/D ;085368805895

AVANZA 2010 TYPE G 129,5JT BS BANTU KREDIT HUB:08127922541

CORROLA ALL NEW 96 BE KDY ABU2 ORI SGT MLS 66JT NGO 085366622266

LSX DISEL ’01 BE KDY ,SILVER ;0721.7312899/0811796056 KJG ORIG TH93 HIJAU TUA PJK BARU BAYAR,57JT NG;08127 939318 ALTIS TH 03 W.HITAM PLAT BE NEGO HB ;0811721654 TP

INNOVA V 05 PLAT B HITAM MULUS HUB:081369350011 NEGO KJG GRAND EXTRA 94 BE KDY ABU2 PJK BARU ;081272874254/ 085267902613

RUSH TYPE G HTM,BE KDY,ORI HRG168JTNEGOHB08127924702

LSX DIESEL TH 97 BE ABU2 MET NEGO CASH/CREDIT HUB 0852 69325105

ALTIS 1.8G TH 01 BE,ORI,S.SYS TEM 3 TV,GPS,VR17 110JT NEGO 081379816566

COROLLA TWINCAM 1,6 TH 88, SILVER ,BE AC PS PW 36JT NG ;085266864655

ALL NEW AVANZA VELOZ 2012 PUTIH PJK BARU ORI NOPOL BE; 081287688989

TIMOR TIMOR 97 DOHC ASLI PRBDI MESIN BGS BDY MLS B PAJAK MATI 3THN JUAL CPT 32JT ESTI MASI PJK 6JT HUB 085357424999 DOHC 97 AC PW TV POWR VRBR LMPU KRISTAL ASLI PRBDI ;0821 83559988 TIMOR DOHC BE KDY BIRU MLM BDY MLS MSN HLS PJL BRU SON TV DVD USB AC DGIN 47JY NG 085367317788 SOHC 96 BIRU TUA METALIK BE AC CD 42JT NG HB ;0812794 47366 DOHC 98 AKHIR BE MERAH FERARI ,AC VR17,HRG 40JT NG; 085366261888

KIA PICANTO 2004 SILVER BE KDY L/ D ORISINILISTIMEWA65JT NEGO ;085269039888

NISSAN NISSAN MARCH 2012 PUTIH DP 30JT ANGS 3.690.000/BLN,SDH JLN 18BLN SISA 30BLN,JOK/ PLAFON WRN ORANGE,VR,BAN NGEDONAT TIPE SOUND SISTM ,BE, MANUAL;081957117060/0823 72967446 EVALIA 1.5 XV MT HITAM BE KDY KM RDH FULL ORI 2012 ;0811 7222999 RYAN

XTRAIL TP XT A/T TH 2006 WRN. GREY MET BE NISSAN RECORD, MANUAL BOOK,KUNCI SEREP DLL LNGKP,LIAT PSTI SUKA,HRG NEGO;HUB 081272062444 EVALIA XV ’12 SILVER 164,SENSOR TV+DVD ACESORIES LKP ;082122528356/081806860575 TERANO TH 2000 GRAND ROAD HITAM MLS,MSN BGS LSG PAKAI HRG NGO ;08982253333 NEW XTRAIL CVT AT 09 SILVER STONE BE KDY ORI GRESS FULL SIST ;082185203099 RYAN TERANO SPIRIT 03 BE HTM KDY ,SIAP PAKAI NG;081272874254/ 0852 67902613 GRAND LIVINA 1,5 XV 2011 KM RENDAH,KDS SPT BARU,PJK BARU;7199990/085383046888 XTRAIL XT AT 09,PJK BR ORI BE KODYA KM 50RB HTM MET KF VKOOL JOK KULIT;081287688989 LIVINA XV 1.5 TH 2011 PUTIH MULUS TERWT ;085221086621 GRAND LIVINAXV 1,5 2007 HITAM BE KDY VELG17 BR HB;0852672 59998

OVER KREDIT NEW AVANZA VELOZ/PUTIH TH ’12 KODYA,3.985JT/BLN SISA 33 BLN ;081541557500 GRAND LIVINA JUNI ’13 HTM,BE DP 120JT SISA 66X ,1029000 ,ALL RISK ;08127922296 INNOVA,BRU 7 BLN (MAR’13), SLVR, BE KDY PLG DP 70 JT.ANGS 4,8/BLN X 40 BLN 0813 66437771 G.LIVINA ’11,1500 XV SILVER BE MLS GANTI DP65JT SISA 30X3.1JT ORI;081218848949 ENGKEL BOX ’13 KM 14RB,PLG DP80JT,ANGS 5,2JTX36 BLN ;0812 73428384 ESCAPE XLT 05, 99% SPT BARU KRDT DP 28JT NG,ANG 3.210RB X35 CAS 105JT NG BS TT MBL ;085382369500 JUAL CPT JAZZ 04 HTM,KODYA, OVR KRDT DP NEGO ,ANGS 2,7JT X22LN,AC DGN VRBR,NEGO PEMAKAI ;0811728136

MOBIL DIJUAL AVANZA 2009 G M/T BLACK,2011 S M/T GREY,KUDA 2011 SUPER EXCEED HIJAU,FORTUNER G A/ T DIESEL SILVER 2009;HB 0812 72172000 PENAWARAN KENDARAAN : MITS FE74 HD/TRUCK/2011/BE 9436 JE/125PS,MITS.FE349/TRU CK/2005/BE 9239TB/120PS. MITS. FE349/TRUCK/2004/BE 9375 TB/ 120PS.MITS FE334/TRUCK/2005/ BE 9205ED/100PS HUB ;0721.265 236/082185217109 XENIAXI 2010AKHR BEABU MTLK BRG RAWATAN ASURANSI OLR ES MBL SIAP PAKAI 115JT NG 08536717788

MOBIL PENGANTIN E L E G A N T, M E WA H — H R G TERJANGKAU,ALPHARD,MERCY E 200,CAMRY,HONDACIVICANDA PASTI PUAS HB;081369695051/ 082182032964

POWER STERING ISTANA MOTOR AHLI POWER STERING AC MOBIL SMUA JNS MBLHB;0721- 7512104

MOBIL DISEWAKAN CV.SRIKANDI LKP&NYMAN,AVAN ZA,NEW GRAND INNOVA, FORTU NER,PAJERO,DBLCABIN, MERCY, C A M R Y, A L P H A R D , M B L PNGANTIN,HB;081369695051/ 082182032964 MLYNI ANTR JPT BNDRA/AIRPORT PRIMA RENT CAR SWA MBL FORTUNER,INOVA,AVANZA,TOUR & PRWISATA,U/KANTOR/PRBDI/ GOODSERVIS; 08117211624/ 0816405722/7460688 PERMATA RENT CAR AVANZA ,IN NOVA,NEW CAMRY,U/ PNGNTIN/ HARIAN ;081369086666/08137936 6669 RENT PARIS,INOVASOLAR,AVAN ZA BARU,SUZUKI R3,APV ;081279 01658/08117217002 TOYOTA MARK-X UNTUK WEDDING PARTY HUB ; 085767030159


IKLAN BARIS JITU

8

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

CARTRIDGE KOSONG

ALAT PEMADAM KEBAKARAN

AIRLINES TIKET

PENGOBATAN

SERVICE AC

DEPOT AIR MINUM

PELUANG USAHA

FOTOCOPY

DIBELI CARTRIDGE KOSONG DGN HRG TINGGI,TYPE CANON 810/811,40/41,HP21/22,60 TONER LASERJET,85A,12A,35A DLL;HB 085383568882

PENGADAN & PENGISIAN ALAT PEMADAM KEBAKARAN; 2603207532433-085378771111

JUAL TIKET MURAH PESAWAT GARUDA& SRIWIJAYAINFO HUB; CV.ARAHMAN;0721-241190

RUPA-RUPA NIKKO SPORT. JUAL SENAPAN PCP & REFIL TABUNG SCUBA/ SELAM 3.300 PSI. JL GTOT SUB ROTO NO. 65 GARUNTANG TBS BDL HUB: 3698800-082231 138000 BISA GESEK KARTU KREDIT

MW BUAT DEPOT AIR MNM BGS BRGRNSI,SPAREPARTNYA LKP,RO KCL,BSR,KAMI AHLINYA, ”SINAR TIRTA” JL.S.HATTA RUKO DCC,PEREMPTN W.HLM-W.KNDS (BYPASS);TLP.784287/0821 95102149/08156032838,KM JG ADA DI PLB & JMB

JUAL & SEWAMESIN FOTO COPY CANON SPAREPART &TONER HARGA RP.70 RB ,PT.BUANA CITRA JL.AHMAD DAHLAN 15B, T.BETUNG UTARA 081288900683

MAKAN TETAP,TPI LANGSING! TMAN SYA RIKA TRN 22KG/4BLN, MSLH KSEHTAN TERTSI,SEHAT &ENERGIC,HUB;085768384500 DG COKLAT DAN TNPA DIET KETAT,ANAKKU TURUN 11KG, DLM 2BLN,LBH SEHAT DAN FULL ENERGI HB;/085789600050

HEQAFTATEHNIK SERVICE SMW MERK,PRBOLA,AC,KULKAS,MSN CUCI DLL,KHS PRABOLA& AC, TRM PSG BR ;081271534709/085 382064820 LAMPUNG AC,CUCI SERVAC, BG KR PSGAC BARU SCND TBH FRE ON,JUALBELIAC DLL,ALMTANTA SARI SUKA RAME ;08237969 6203 (ARI) CUNCUN SERVICE ,AHLI KULKAS ,AC SPLIT,MSN CUCI DLL ;7488 505/081933 581650 GRANSI 6BLN WIJAYA AC,CUCI SRVC AC,TBH FREON ,BKR PSG,TKR TMBH, JUAL BELI ,EKO 085269358997/ 22F360EC

TEBAR WANGI ALA ORIFLAME.. .PIN BB 29FDF2A1

LANGSING DAN SEHAT

BPK ERWANSYAH MGTSI BRBGI MSLH ANDA,PNGSIHN, SUSUK ,PELET,G ENDAM,KLENIK, PELA RIS,PEGANGGN USAHA, KHO DAM PNDAMPING,PUTER GILING ,HUTANG PIUTANG,AJIMAT POLI TIK MGOBATI PNYAKIT MEDIS & NONMEDIS HB;081271905003/ 081996823130

PIJAT TRADISIONAL GILANG REFLEXYTRADISIONAL ,TOTOK WAJAH,L THANDER ,LU LUR, SIATSU DLL,TERIMA PANG GILAN (+) HUB ;081224290077 NISA MESSAGE URAT ,TERAPI PENGOBATAN PERWTAN , BISA DIPANGGIL HUB 082181823301 IKAMASAG TERAPI PERAWATAN BS PNGGIL,HUB;085381367329 VIVI PIJATTRADISIONALREFLEXI DLL,TRM PGGLN 085267904681/ 081933591789

PELUANG BISNIS

MARMER &GRANIT IMPORT TRM JASA PSG,MEJA DAPUR, TANG GA,LANTAI,DINDING DLL RUKO P.ANATSARI 153I (DPN GIANT) 0812 72224222

BISNIS DARI RUMAHPELUANG BISNIS GLOBALBARU,PARTTIME 2-3 JAM/HARIINCOME3-50 JT/ BLN,CARI MITRA SLRUH INDONESIA INFO:WWW.SUCCESS JEUNESSE.COM AGEN TARNSPORTIR BB INDUS TRI (SOLAR) UNTUK ORDER SEMUA WIL,DGN HARGA NEGO PULL DOCUMENT 082336309745 HSDSOLAR753@GMAIL.COM

KAMBING AQIQAH

SOLUSI CEPAT PINJAM UANG

KAMBING+MASAK,7448380/ 081272354984/081540802586 WWW.AQIQAHLAMPUNG.COM

JAMINKAN BPKB MBL/MTR/BISA MBL MSH KRDT LESING RESMI 30TH ,0721.3644448/08127377748

GRANIT & MARMER

UMRAH & HAJI

BIBIT TANAMAN

UMRH+REZEKIAPKHANDAINGIN UMRH,MGUMRHKAN ORTU& BRSM KELURGA,DG PGHSLN PU LHAN JTA RP.BHKN RTUSAN JTA RP,HDRI SEMINR THE MIRA CLE OF BAITULLAH MUDHNYA UMRH & KAYABRKAH BRSM PT.ARMINA REKA PERDANA LPG, STLH MGI KUTI SEMINR UKB INI INSYALLAH ANDA TH 2014 BS UMRH GRTS, WKT&TMPT ;081379 98 5665/ 08588388209/08588147 6836 HAJI PLUS BRKT TH2014,SEAT TRBTS,UMRAH BRSM USTALHAB SY DES KETURKI, ALHABSY TRA VEL,WAYSEMANGKA34 PHMN; 085367058899

JUAL BIBIT SAWIT UNGGUL ASLI PPKS MEDAN,HB ;08526991 2277

BADUT ISTANA KADO & BADUT DEKOR BALON ,JL.ANTASARI SBLM BANK LAMPUNG ; 082185542758 TUNAS JAYA MNYEWKN BADUT, DKORSI BALON, SULAP,PINATA DLL;MULAI 150RB; 081279322335

BURSA CENTURY 21 TANAH 640 M COCOK UNTUK RUKO BISA 4 PINTU SAMPING BAK SO SONY UNILA, TANAH EKSLUSIF VILLA CITRA 20X33, HUB: 082183410909 RUKO 1 PINTU,4X13 JL. AHMAD YANI PRINGSEWU SMPING BAF, 082183410909 RUKO 4,5 X 15 JL. KH KHOLIP PRINGSEWU SAMPING NOTARIS REKA 082183410909 RUKO 2 PINTU 9X13 JL. KATAMSO 39 SIMPUR, 082183410909

RUMAH DIJUAL RMH BARU MNIMLIS DKT PERGU RUAN TINGGI TEKNOKRAT, DAR MA JAYA, UBL,UNILA, JL.PUR NA WI RAWAN GG.PU.PRUM GRI YA SEJAHTERA DPN MM UBL SWA DAYA9,SMPNG SKLH RAIH AN INTERNASIONAL ;08527978 6362/ 082181705868 RMH&KOS2N JL.PRUM POLRI E6 NO.21&22 HAJIMENA:5KM,26KM KOS2N,AC,KIPSANGN,AIR BRSH, SHM,NG; 0721.264151/0813 85359 408

ARSITEKTUR 7DESAIGN ,MGRJKN INTERIOR ,KITCHEN SET,KANTOR SET DLL,EKSTERIOR,KOLAM MINI MALIS ,TAMAN DLL HUB ;08520 8666040/0721.3642115 GRC ARTA MULYA MNRIMA PSN ANPROPIL,1.KUBAHMSZID,MENA RA2.PROPILRMH3.KEPLAKOLOM KORENTIN 4. KOLOM/TIANG 5. ATAP & TALANG DLL, SESUAI BN TUK PSANAN ALMT D PERUM KORPRIHUBYANTO085208507186 MNERIMA JASA DESAIN RUMAH TINGGAL,KANTOR,APARTEMEN, PABRIK DLL;HB 0811123211 BERKUAL ITAS & MURAH

DIET SEHAT LANGSING DG NUTRISI COK, VAN,BERRY?GRATIS CEK LEMAK 08982553943 /PIN BB:25D2D45F

RMH PRUM PURI SEJAHTERA DKT KTR PUSDIKLAT LPG,2KT,RT, RK,LT.KERMIK,90JT;0821773 96469 RMH 2KT,2KM,2AC,WATER HEAT ER KULKAS TV SOFA,JL. KRAKA TAU IV BLOK C4 NO.3 PRUMANTA SARI PRMAI;081274314343/0813 69289247 RMH & TB.MENTARI MSH AKTIF /SHM,JL.RAYA CANDIMAS KT. BUMI;081379291888/08127271 2444 RMH TIPE FORESTON LB.54 LT. 160 ,BLOK C11 NO8 BRENT WOD ,CITRA GARDEN F HRG 600 NEGO HB;082179465580 RMH PRUM RUPI INDAH SUKA RAME LT.120M2 TIPE.36 ,3KT,1KM ,120JT NG;081369917156 DJUAL RMH, LT 525M KT4, KM4 TELPON RUMH, JET PAM HUB; 07217395722 RMH BKT KENCANA BLOK U/3 LT.127 LB.100 ,3KT,2KM,DKT GIANT ANTSRI 081272147575 RMH JL.KUPANG GG.FALMBO YAN BDLTANPAPERANTARAHUB ;081368657658

DJUAL RMH 2LT LS.400M2,5 KT, LOK.BLKG KOMPI SENAPAN BALAM,5 MNT KE PSR BAMBU KUNING;081392110438

RMH PRUM KORPRI BLOK D4 NO.4 LS.17X25 HRG NG ;081369 731810

KEDMAIAN INDAH RENOVASI LT;300M,LB;300M,5KT,3KM 3AC, MARME R,GRANIT, KITCHEN SET, TENANG,1,1M NEGO;0853679 30175

RMH LT.816 LB.112 ,480JT NEGO HUB ;085384272262

RMH KEDATON LS.402M2 SHM, 5KT,3KM,GRASI ,CARPORT, TWR, PAV,R, TAM U,R.KEL, R.TNGH,R.M KN,DPR,800NG;081272730424

RMH LT.246 LB.132 STRATEGIS ,400JT HUB ;08127922296

TOKO DISEWAKAN DIKNTRKKN TOKO PASAR PERU MNAS WAY HALIM DIBLA KNG TMPT PMBAYRNAIR HUB;085768 865431

KEHILANGAN STNK R2 BE 8955 CG NOKA MH31S70015K050256 NOSIN 1S7051509 AN.HOLDAN JAMAMI STNK R2 BE 6166 YU NOKA MH35D9203BJ224612 NOSIN 5D91224581 AN. SUYUT SIM B1,EKTPAN.NURZAMMI ,ATM BNI ,STNK R2 BE 8641 AI NOKA MH1HB7158K303119 NOSIN HB71 E1299297 AN. ANISAH 0852153 81842/085269383538 STNK R2 BE 4938 BH NOKA MH4K R150LDKP82046 NOSIN KR150L EPC0283AN. RIZKYRAMADHANU WIBISONO STNK R4 BE 2067 YN NOKA MHK M1BA2JDK026116 NOSIN K3MB07 865 AN. PT.ANUGERAH KARYA KARYA PRIMA BPKB R4 BE 2120 ND NOKA MHCTBR54F1K201245 NOSIN E201245 AN. EKO SANTOSO STNK R2 BE 2668 MA BE MHBG 1CG1FCJ109674 NOSIN HR1596 936B AN. ANGGI ISMANTO STNK R2 BE 4438 DV NOKA MH1J BE111BK278250 NOSIN JBE1E 1277110 AN. BASIR STNK R2 BE 4888CT NOKA MH1J FD213CK021993 NOSIN JFDE 1037951 AN. NURYANTI STNK R2 BE 5975AS NOKAMH33K A006TK273976 NOSIN 3KA248134 AN.SAIFUL SIU,KIR ,STNK R4 BE 9134 AU NOKA FE119E064694 NOSIN 4D34C744700 AN. JUNAIDI STNK R2 BE 3878 BC NOKA MH1J FD115DK021335 NOSIN JFD1E 1022240 AN. ADI MUHAMMAD STNK R2 BE 5497 YT NOKA MH1J F9 113BK275104 NOSIN JF91E 1265960 AN. LOVERIANDI

RUMAH DIKONTRAKKAN DKONTRAKAN RUMAH, 2 KMR TIDUR DI PERUM PUTRA KEDA TON JL SOEKARNO HATTA BY PASS HUB: 081369371986 RMH 3KT,2KM,JL.KUA HJ.SAID DAE RAH KOTA BARU ,HAL LUAS HUB ;08127204033 RMH 2KT,1KM,FAS KOMPLIT JL. TAMIN GG.BUDIMAN 3,NO.33 HUB ;081957113409/08218313 6799 RMH 2LT+ISI PRUM WIJAYA3, ANTASARI ,3KM.UTAMA, 5KM ,GRASI 2MBL,R.TAMU ,R.KELGA, MUSHOLLA ,AC ;085319868686 RMH LS 150 M2,2KT,DPR,KAMAR MANDI,AIR SANYO,ALMT DI BLKG KANTOR POS TELUKBETUNG HRG NEGO;HB NURHADI 081279 692942

RUKO RUKO 4LT+PERLATAN SPORING, BALLANCE,LIFT,TYRE CAHNGER ,OLI DLLJL.P.ANTASARI ,SHM,IMB, L.12M,P.5M ,2,8M NG ,PROFIT/BLN ;085367930175 JUAL RUKO DIUNIT 2,TUBA, 5 PINTU UK.4X13,5M,3LT,BLKGADA TNH KOSG 3,5M,SMR BOR,PGR JLN RAYA DEKT PSR;0819086 18500 TOKO 1LANTAI JL.P.ANTASARI NO .43 TKT L=9,5M,P=7M,SHM RENO VASI RP.550JT NEGO HUB ;08536 7930175 JL.2 RUKO 3 LT FUL,SHM, 1MB. DKT HOLAN BKRY.JL.KMJA WH LIM H.1,65M.NG;HB 0812714 16366 JL.RUKO 3LT.SHM.4X15M, 1MB. DKT MALL GIANT.JL.TCIKDTRO LKPRA KMLNG.850JT. 081271416 366

SUMUR BOR CIPTO BOR MNRIMA,PMBUATAN S.BOR,BOR MESIN, SPTS.POMPA AIR,JET PAM,MARSIBLE HB;0852 690 54608 GRANSI 1TH WIJAYA BOR MNRM,P.SMR BOR, SERVC P.AIR HB;08536 9843384/ 082385525418 SUMBER REZEKI BOR SPESIALIS BT SUMUR BOR MSIN/MNUAL SERVIS P.AIR MARSIBLE DLL0813 79423655

AC KARUNIAAC BGKR ,PSG,SERVIS, JUALBELIAC SECOND ,BRGRNSI HB;081369550834/7147771 PRATAMAAC ,BGKAR PSG,CUCI, SERVIS J/B SECOND ,BRGRNSI ;081379601095/7469778

CATERING LENNYCATERINGAND WEDDING ORGANIZER MNWRKAN CATERING PERNIKAHAN,PERKANTO RAN, KHITANAN,NASI KTK, SNA CK BOX.HUB 07217157393/0853 66568866

SERVICE JIMIN SERVICE PGGL SELESAI DITEMPAT ,PGLMN 23TH,TV, KUL KAS ,M.CUCI ,DISPENSER ,FREZE ER ;0721.7412242/082376043060 CAHAYASERVICE ,KULKAS ,MSN CUCI SHOWCASE,FREZER,TV ;0721. 7506579 BRGRNSI LIEMSERVC,PGGLM.CUCI, DSPN SER,AC DLL ;082371839 922, 731 2720 GRSI 12BLN (H.LBR BUKA) SURYA SERVICE PGGL POMPA AIR MSN CUCI KULKAS DISPENSER; 0721.7387402 MAKMUR SERVICE PGGL KUL KAS ,FREEZER .MSN CUCI ,P.AIR, DISPENSER ;0721.7534603 GRA NSI

DISEWAKAN RUKO JL.TIRTA YASA DPN G.A.N HUB ; 0812791 28366 OVER KIOS BURUNG DSB,CPT SDH BRJLN 3TH,POSISI STRT EGIS ;082375108779

TANAH JUAL TANAH KOSONG LUAS, 720 M ,LEBAR MUKA 22M SHM COCOK BUAT TEMPAT USAHA PINGGIR JALAN BESAR JL.SISINGA MANGA RAJA BDR LMPG PEM BELAI SERIUS HUBASEP 0721.9350726/ DESSY 087899 161691 DIJUAL TNH JL.KH AHMAD DAH LAN NO66(TRNAN DAMRI)VIEW LAUT LT:2700M2 SHM HRG 4,3JT/ M2(NEGO) 081373325264 JUAL TNH PERTANIAN LS.20HA SRTFIKAT,LOK.DESA RELUNG HELOK ,KEC.NATAR ,7KM DARI BANDARGA BRANTI HRG 30RB/ M,NGO HUB;081379014806 JUALTNH LS.387M LTK DUAJLUR BYPASS HAJIMENA BLKG TOKO INTAN (TK BESI) JL.KRAMAT JAYA HB ;0811721654 TP JUALTNH ,1HA,PGR JL.WAH. RAH MAN KAMPUNG BARU BATU PUTU,VIEW KOTA BDL,HRG NEGO;08127901155 JUAL CPT TNH LS.22X35=702M2 SHM PGR JLN,SLT.HAJI KT.SE PANG (BISA U/ RUKO;081273 574 145/081273251251 DIJUALTNH DIKOMP,BUKITALAM SURYA VIEW LAUT,SHM,LT 1231 M2 HRG 3,5JT/M2(NEGO)HUB 081373325264 DIJUAL TNH GATOT SUBROTO 1600M2 SHM HRG 4,2JT/M2 (NEGO) HUB 081373325264

SERVICE P.AIR & MESIN CUCI R3S SRVS PGL SPESLS P.AIR, GLNG DNMO P.AIR TKR+AIR S.BOR TDK NGA LIR GRNSI ;081272 832578,0823 7392 3789

SERVICE PARABOLA STAR MATRIK JUAL PARABOLA +SERVICE PARABOLA DLL ;082376222292

KOLAM RENANG CV.LAMPUNG POOL SPESIAL PEMBU ATN KOLAM RENANG/ WATER BOOM, BUATRMH,HOTEL ,SEKOLAH ,UMUM, HB;081369 144878 PIN BB 292769BF

OBAT KHUSUS WANITA ANDA TELAT BULAN?? SOLUSI CPT& TEPAT U/ MELANCARKAN HAID SCRATERATUR ,DLM JANG KA3JAM DIJAMIN LANCAR 100% ,GARANSI &TNP EFEK SAMPING; 082333794444 / 087857 427544

ATASI MAMPET PROFESIONAL MENGATASI WC MAMPET SALURANAIR MAMPET WASTAFEL MAMPET KURAS TOWER DLL DENGAN CEPAT TANPABONKAR DAN BERGARAN SI HUB 085378048723 SOLUSI MAMPET MGTASI WC MAMPET,SAL AIR,WASTAFEL ,KURAS TWR DLL,DGN CPT TNP BGKR,GRNSI 085378721190 AHLI MAMPET,WASTAFEL ,SAL. AIR ,WC MMPT DLL TNP BGKAR, GRNSI HB; 082178790789

JUAL TNH DIBYPASS SEBELAH RESTO BAREH SOLOK DEPAN SMA YADIKA ,LT.4600M2 HB;0813 73325264 JUAL TNH LS.25X100M2 SHM, PGR JLN DS.M.DADI JT.AGUNG ,100RB/M,NGO ;081369490496 JUAL TNH+BANGUNAN SHM LT.145 M2,TJ.KRG BRAT,NGO HUB ;085767030159 JUAL TNH+RMH LS.1300M2/SER TIFIKAT PEMINAT HUB ;08536 61 51715/02192172078 TNH 2300M,PUSAT KOTA METRO JL.AH.NASUTION CCK U/ KTR ,SHOWROOM,RUKO;0853 1986 8686 DIJUAL TNH CITRAGARDEN KAV. CLUSTER OLIVINE HOOK HADAP SELATAN UK.231M2;HB 081172 3818 (TP)

SINAR TIRTA:ATASI AIR KUNING, BAU, LUMPUR DLL;TLP.784287/ 08156032 838/082195102149/ 08156032838

DANA TUNAI ADADA DANA TUNAI.PRS CPT. NON BI. BNG 0.5%. JMN SHM/AJB/ INSTRUMENT BANK. PST CAIR* PT.SDAI-JKT. TRM AGEN/MEDIATOR 081218318068/ 081219006793 KERJASAMA&DANA TUNAI UTK PROYEK2,TAMBANG,PERKEBUNAN,TAKE OVER 1S/D RP 500M,GND, 08129 7099758 INDRA,RISA 081297 099738, AGUS 081287795506

RUMAH MAKAN DSWKN RMH MKN BSRTA ETALA SE MEJA, KURSI, UKRN 8X10,AIR SUMUR BOR,LISTRIK 1300, DRH BAKUNG TELUK BETUNG HUB 081369138852

JASA UKUR TANAH UKUR LUAS TNH MMBENTUK & MENENTUKAN KAVLING PEMETA AN ;081369297617

INTERIOR CV.RAFI JAYA SPECIAL KITCHEN SET,JG TERIMA PESNAN,ROOM SET, OFFICE SET,DLL,HARGA DIMU LAI DR RP.1.200.000/M,HUB; 08127 216 6609/082179176076/ 08217 9966606

SEDOT WC

BIBIT TANAMAN JUAL BIBIT CENGKEH,KARET, KAKAO&PALA,KEL.TANI MARGA JAYA,GEDONG TATAAN HP; 08127246259/089683164532

KURSUS GURU KRUMAH SMW PLJRN TK, SD,SMP, SMA,NGAJI, SEMPOA; 7503131-081369152541 PRIVAT BINTANG EDUCATION SMW PLJRN TK,SD,SMP,SMA ,UMM MGJI,GRU DTG KRMH PRFSNL&SBR SIAP UN,SMSTR ;3667558/081369277269 PRVT B.INGG CONVERSA TION, TOEFL GRAMMAR,GURU DTG KERMH,1.5JT/60X ;081373617712

RP2JT-3M U/ JAMINAN BPKB MBLMTR/TAKE OVER-DANATALANG AN/JUAL BELI MBL BKS CASH& CRDT HB; 0811721452

SEDOT/ATASI WC MAMPET SAAIR,WSTAFEL,KRS SUMUR DLL,LUAR DLM KOTA TNP BGKR ,GRSI;082180803233 SEDOT WC/SEPTICTANK &ATASI MAMPET STNBY 24JAM ;7905006/ 085377669976

PERSH TAMBANG MINERAL MMBTHKN ADMIN DG KUALI FIKASI,WNITA, 20-26TH,PDDK MIN D3,SMUA JURUSAN,IPK MIN 3.00 ,MGUASAI MS.OFFICE ,MGTIK CPT DAN LANCAR,JUJUR, TGGUNG JWB DAN MAU BKRJA KRAS DBWH TEKANAN ,LMRN LKP DAN FOTO BWRNA TRBARU KE PO BOX 1164/BDL/35011 PLG LBT 7HARI STLH IKLAN TERBIT PT.SUKSES MANDIRI UTAMA (SMU),BTH CPT TKW:5ORNG, HKG,TWN,GAJI 4 SD 6JT/BLN, GRTIS,RESMI DISNAKER,DPT UANG SAKU,DOKUMEN DI BAN TU HUB ;BU MURTI 08154128 3838/ 081279316667 JL.P.DAMAR WAY KANDIS BDL (KERJA SERIUS,PST SUKSES) AC AC DBTHKN TEKNISI AC,SIAP KERJA KERAS,LEMBUR,PROYEK SISTEM BAGI HASIL.HUB ;087899 310100/082177584002

DBTHKN SGR ACCOUNTING MIN,SMA(IPS)/SMK (AKUNTANSI) LBH DISUKAI YG BRPGLMN ,DPT MGOPERSIKAN MS.OFFICE, EX CEL,KRM LAMRN KE CV. SUMBER PROTEINA ,JL.P.ANTASARI 29D DBTHKN PR & KS P&W MAX 25TH, PDDK SMA MAINTENANCE ,PRIA MAX 25TH,PDDK SMK SR. CLERK ,PRIAMAX 25TH,PDDK S1 &D3ALL JU,LMRN LKP DTG LSG JL. TEMBESU NO.8 CAMPANG RAYA BU WINABTH WANITA17TH-38TH U/ JADI BABY SITER DIPRUM ELI TE JKT,GAJI 1,3JT-2JT DATAKTP+ IJAZAH ASLI ADA BOUNUS TRM SPONSOR FEE BESAR HB;0878 85 688458/082124985696/081574 555614 PEND ,GURU TK/PAUD HANYA 6BULAN,DITADIKA PURI WAY HALIM LANGSUNG DI SALUR KAN HUB ;087899846668/082181311 102/0721.3646525

PT.CIOMAS ADISATWA MMBTH KN SALES MIN D3 DIUTAMAKAN BRPGLMN LMRN KRM KE JL. PATTIMURA NO.7 KUPANG, KEL. T.BETUNG KODE POS 35211

KOS-KOSAN

RUKO GANDENG+ISI, UKURAN 10X20 M,JLN JEND RYACU DU, INFO HUB ARIEF 081282576861

ANDA BUTUH DANA CEPAT

SALON TRM RIAS PENGANTIN ,MASSA GE,LULUR PGLN,SMOTHING, BONDINGDLL HUB;08537777 8512 MARIA

LOWONGAN

JUALTNH LOK.BLKG RADAR LPG ,LS.300M2 DAN 2000M2 ;0812 729 06421 JUAL TNH KAV 12X15M,JL. A.MA NAN BLKG PLN BUNDARAN ;081369579171 BP LUTFI TNH LS 1.916 M2 SHM PGR JLN RATU DIBALAU WAYKANDIS BDL CCK U/ RUKO, 3,1M NG 0813693 49456 TP TNH KAV.183M2,AJB,TABEK HAJI MENA,S.BNGN.48 JT;08136911 2865. TNH KAV 298M2,SHM JL.BHAKTI ,SUTAN BADARUDIN SUSUNAN BARU ;081357129749 DJUAL TNH DPN TVRI KORPRI L 1.343 M2 SRTFKT,;081317482569/ 082176880044 JUAL TNH LS.1293M,SEBELUM POLSEK KORPRI HB ;081172 3346

KEBUN

TNH 5000M,SRTFIKT,AN.SDR JL.IR.SUTAMI GN.AGUNG PUGU NG LAMTIM ADA BNGUNN RMH; 08127924740

JUAL KBN SAWIT 2HA,SHM GD. GUMANTI TIGENENENG PESW RAN, 165JT/HA ;081369150936

JUAL TNH ,PASR DILAMPUNG TENG AH SGT STRATEGIS CCK U/ RUKO N INVESTASI LS.1HA HB;081272906421

TAKE OVER BUTIK DISIMPUR CENTER,URGENT HUB ;08238056 6663

TEMPAT USAHA

PONDOK INDAH KOST (PIK) KRYWATI BLNN/THN FAS LKP,JL. TERATAI NO IIARAWALAUT(BLKG RADIO OZ);08212 8888882 / 085709183578 GRIYA LASMANA KOST,LKP ,JL. KS.TUBUN NO.45 DPN BRI MOB 081381276677/08137983 0011 TRM KOS U/ KRYWN/I JL.KH.MAS MANSYUR NO.105 BDL,BULNN, RP.600RB; 081279128366

OVER KREDIT PRUM PELANGI INDAH ESTATE ,JL.RA.RASYID TIPE.42 LT.104+ TAMBAHAN TNH 23M,1300W, ANGS 1.376JTX14TH HB;081273 144 499/081366160262 RUMAH OVER KREDIT DI PERUM VILLA BUKTI TIRTAYASA NO CB2 NO 16 LT 180 2KM 2KT LISTRIK 2200 HUB 081369551000

LJ HOOKER RMH. JL IMAM BONJOL, BDY, KMLG. LT. 319/142. BNGUNAN BRU .4KT.2KM. GRASI, GDANG, BNUS AC 2 UNIT, JATI. 900JT NGO NUGIE .081312064440

WANTED DRAFTER W MIN D3/ STM CERT& 2YRS EXPAUTO CAD ,SKETCHUP&ADOBE SKILLS REQ.E:BUANA CIPTAJAYA @GMAIL.COM DBTHKN PRIA ,MAX 27TH,MIN SMA,SYRT:KTP,KK,LAMARAN ANTAR LSG KE RENTAL KOMPU TER ARJUNA ,JL.BUMI MANTI 1,KP.BARU (BLKG UNILA) DBTHKN TNG KERJA U.17-25TH, UNTK KRJA DI LION SALON JL.TIR TAYASA NO.14 SUKABUMI BDL ,GAJI 1JT/BLN ;081379540360/ 0812 79593839 PRIA/WNT U.19-28 MIN D3,PGLMN MARKTG 1TH,LSG INTRVIEW; 082185203099 UP.RYAN

JUAL RUKO 2 UNIT, MS BATU BA RA,5,8X 15,25M2,2 3/4LANTAI, HRG MENARIK,LIDYA 081279 262777 KHUSUS JUAL/BELI/SEWA PRO PERTY,JL.DIPONEGORO 192 C (0721) 471333 TANAH 510M2 JLTERUSAN MALA HAYTI, CLUSTER, YANTO: 081541 471333

KANDANG AYAM KANDANG AYAM KAP.11.000 EKOR,LOK.ASTO MULYO PUNG GUR LAMTENG ,LT. 2500M2,3 KDG,1GDG,1RMH,LIST 1300W, SMR BOR,PERALATAN LKP ,KON DSI BGUS ;0811723703

PROPERTI ASPAL SHELLESSO PERTAMINA DISEWAKAN WALLES HUB;08218 4890571/0811722075/350324 JUAL BANGUNN FAS KANTOR JL.WR.SUPRATMAN DPN BANK MANDIRI T.BTUNG NG;08576703 0159


9

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

SMA YP Unila Tempatkan Tim Putra-Putri di Semifinal BANDARLAMPUNG – SMA YP Unila menempatkan tim putra dan putri di semifinal even basket Law Faculty Basketball 2013. Pencapaian itu tak terlepas dari hasil positif pada laga perempat final kemarin (8/11) di GOR Saburai, Bandarlampung. Tim putra SMA YP Unila mengalahkan SMAN 9 Bandarlampung 34-24. ’’Saya belum puas dengan hasil hari ini (kemarin, Red). Masih banyak kekurangan yang ada pada anak-anak. Makanya saya akan mempersiapkan lebih matang lagi untuk menghadapi laga semifinal,” ujar Sony Ichon, pelatih tim putra SMA YP Unila, usai pertandingan. Di bagian lain, Yeri, pelatih tim putra SMAN 9, mengaku kecewa dengan penampilan anak asuhnya. Terutama saat defense. Banyak kesalahan yang dilakukan pemainnya di akhir pertandingan. ’’Saya kecewa Mas. Apalagi pada Wali Kota Cup kemarin, kami berhasil menjadi juara. Nah di even ini, kami hanya sampai perempat final. Inilah pertandingan. Pasti ada yang menang dan kalah,” jelasnya. Sementara, tim putri SMA YP Unila mengatasi SMAN 1 Bandarlampung 21-12. ’’Kemenangan ini harus bisa menjadi motivasi anak-anak untuk tampil lebih baik lagi di semifinal nanti. Soalnya pada semifinal, lawan kami bukan tim yang mudah ditaklukkkan,” ungkap Dika Tondo, pelatih tim putri SMA YP Unila.

Ya, di semifinal putri, SMA YP Unila bakal menghadapi SMA Xaverius Pahoman (Xavepa). ’’Dengan masa persiapan yang terbilang minim, kami berharap bisa memberikan yang terbaik,” ucap Rifki, pelatih tim putri SMA Xavepa. Skuad Rifki lolos ke semifinal usai menundukkan SMAN 2 Bandarlampung B 17-7 pada perempat final. ’’Saya memaklumi kekalahan ini. Sebab, tim ini baru dibentuk. Tim ini diproyeksikan untuk tampil di Honda DBL tahun depan. Makanya kami ingin melihat apa yang kurang, sehingga bisa diperbaiki sebelum berlaga di Honda DBL,” terang Muhammad Dahlan, pelatih tim putri SMAN 2 B. (cw8/p7/c1/ewi) HASIL KEMARIN (8/11) Putra SMA Perintis 2 v SMAN 12 SMA Imanuel v SMAN 7 SMAN 2 v SMK 1 Metro SMA YP Unila v SMAN 9

28-38 24-40 38-40 34-24

Putri SMA Diniyah Putri v SMKN 4 SMA YP Unila B v SMAN 1 SMA Xavepa v SMAN 2 B

17-33 21-12 17-7

JADWAL SEMIFINAL (9/11) Putri SMA YP Unila B v SMA Xavepa SMKN 4 v SMAN 2 A Putra SMAN 12 v SMAN 7 B SMAN YP Unila v SMAK 1 Metro

Tersisa Irfan/Weni di 4 Besar JAKARTA – Ganda campuran memperpanjang napas Indonesia dan Pelatnas Cipayung dalam even grand prix gold Korea Open. Itu setelah Irfan Fadhilah/Weni Anggraini melangkah ke empat besar kemarin (8/11) di Jeonju Indoor Badminton Court. Pada babak delapan besar kemarin, Irfan/Weni menundukkan rekan sesama pelatnas Edi Subakhtiar/Gloria E. Widjaja 21-16, 21-14. Di semifinal ini, Irfan/Weni dikepung tiga pasangan Korsel. Irfan/ Weni bakal bersua unggulan kelima Yoo Yeon Seong/Jang Ye Na hari ini (9/10). Capaian positif Irfan/Weni tak menular pada dua wakil Indonesia. Di tunggal putra, Simon Santoso kalah dari pemain Korsel Lee Hyun Il 15-21, 14-21. Kemudian tunggal putri Hera Desi juga dibuat bertekuk lutut oleh Bae Yeon Ju 10-21, 19-21. Dari surat elektronik PP PBSI kemarin diketahui, Irfan/Weni maupun Edi/ Gloria sebenarnya sudah saling paham karakter permainan masing-masing. Penentu hasil akhir disebabkan Irfan/ Weni yang lebih siap di lapangan.

’’Penampilan Irfan/Weni lebih baik. Pasangan ini lebih ofensif daripada Edi/ Gloria. Ada usaha Edi/Gloria menekan dan menyerang balik ke pertahanan Irfan/Weni. Tetapi jarang bisa menembus,” kata asisten pelatih ganda campuran Yanti Kusmiati. Melangkah ke empat besar, Yanti mengisyaratkan Irfan/Weni agar tak cepat puas. Apalagi lawan yang menanti, Yeon Seong/Ye Na, adalah pasangan ulet. Yeon Seong sebagai tukang gebuk dan bermain di belakang, punya smes yang mematikan. Di sisi lain, pelatih tunggal putra Marlev Mainaky yang mendampingi Simon di Jeonju mengakui Hyun Il lebih matang. Dalam laga yang berlangsung 42 menit tersebut, Hyun Il mengontrol jalannya pertandingan. ’’Hyun Il punya stroke yang lebih matang. Pukulan-pukulannya tajam. Simon pun kesulitan menyerang balik. Kalaupun ada kesempatan menekan oleh Simon, Hyun Il menangkis karena pertahanannya rapat sekali,” ucap Marlev. (jpnn/p7/c1/ewi)

FOTO JOSE JOSE JORDAN JO JORDAN/AFP RDAN/A /AF FP FP

SESI LATIHAN KEDUA: Pembalap Repsol Honda Marc Marquez bersiap-siap ambil bagian dalam sesi latihan kedua kemarin.

Tekanan Yamaha Kian Besar VALENCIA – Kubu Yamaha harus berusaha ekstra untuk menunjukkan mereka punya harapan besar menggagalkan Marc Marquez menjadi juara dunia MotoGP. Dalam dua sesi latihan MotoGP Valencia, Yamaha tak mampu mengimbangi kecepatan Marquez. Bahkan di akhir sesi, pembalap Yamaha Jorge Lorenzo harus mengakui keunggulan duo Repsol Honda: Marquez dan Dani Pedrosa. Marquez sudah mengalahkan Lorenzo di sesi pagi hari. Marquez yang membukukan catatan waktu 1 menit 31,557 detik hanya unggul 0,018 detik dari Lorenzo. Namun, keunggulan Marquez makin lebar di sesi siang hari. Marquez menciptakan catatan waktu terbaik 1 menit 31,220 detik dan unggul 0,158 detik dari Lorenzo yang hanya kebagian posisi ketiga. ’’Kabar bagusnya, kami mengawali akhir pekan dengan fantastis. Kami berharap masih punya peningkatan untuk besok (hari ini) dan balapan,” bilang Marquez kepada situs resmi MotoGP. Catatan waktu yang diciptakan Marquez tersebut jelas membuat kubu Yamaha semakin tertekan. Mereka belum mampu memberikan setting yang cukup

baik bagi Lorenzo atau pembalap Yamaha lainnya. Seri terakhir memang tak ubahnya kerja massal bagi Yamaha untuk memberi dukungan penuh bagi Lorenzo. Usai MotoGP Jepang dua pekan lalu, Marquez mengoleksi 318 poin, sementara Lorenzo yang berada di posisi kedua punya 305 poin. Dengan kondisi tersebut, Marquez tak perlu ngotot menang di Valencia. Sebaliknya, Lorenzo harus menang sambil berharap mendapatkan keajaiban alias sesuatu yang buruk terjadi pada Marquez, supaya sang rival terlempar dari empat besar. ’’Kami berada di jalur pengembangan yang benar. Honda sudah tampil cepat sejak awal. Tetapi, kami menunjukkan peningkatan performa di setiap turun ke lintasan hari ini (kemarin, Red),” tutur Wilco Zeelenberg, manajer tim Yamaha Factory. Lorenzo jelas tak bisa bekerja sendiri untuk mempertahankan gelarnya. Dia butuh pembalap Yamaha lainnya seperti Valentino Rossi, juga duo Yamaha Tech 3: Cal Crutchlow dan Bradley Smith untuk tampil kompetitif dan memberi tekanan kepada Marquez dalam balapan nanti. (jpnn/p7/c1/ewi)

WILAYAH KEMILING

NO HP

Slamet F Hendry M. ngadino Yatno Rahman Ujang karnadi Madhan Jumadi Marjuki Kenedi Daman purnama Tarmono Sutoyo WILAYAH JLN. PRAMUKA Mujiono Santo Muksin Indra Gunawan Musadi

0813 6964 6121 0857 8973 0777 0813 6910 9486 0853 8296 6404 0813 6930 6237 0812 7966 9930 0852 6973 8365 0812 7261 466 0813 6942 2579 0813 6926 0211 0812 7201 7287 0823 7136 7788 0852 688 95983 NO.HP 0877 9934 5734 0823 7718 6590 0852 6901 2125 0853 5765 0085 0812 7928 8718

HASIL LATIHAN MOTOGP VALENCIA (Kombinasi) 1. Marc Marquez, Repsol Honda 2. Dani Pedrosa, Repsol Honda 3. Jorge Lorenzo, Yamaha Factory 4. Cal Crutchlow, Yamaha Tech 3 5. Valentino Rossi, Yamaha Factory 6. Stefan Bradl, LCR Honda 7. Alvaro Bautista, Honda Gresini 8. Bradley Smith, Yamaha Tech 3 9. Andrea Dovizioso, Ducati 10. Nicky Hayden, Ducati -----------------------------11. Andrea Iannone, Pramac Ducati 12. Michele Pirro, Pramac Ducati 13. Aleix Espargaro, Aspar Aprilia 14. Claudio Corti, Forward FTR-Kawasaki 15. Colin Edwards, Forward FTR-Kawasaki 16. Hector Barbera, Avintia FTR-Kawasaki 17. Danilo Petrucci, Ioda-Suter-BMW 18. Yonny Hernandez, Pramac Ducati 19. Randy de Puniet, Aspar Aprilia 20. Luca Scassa, Cardion Aprilia 21. Hiroshi Aoyama, Avintia FTR-Kawasaki 22. Michael Laverty, PBM Aprilia 23. Bryan Staring, Gresini FTR-Honda 24. Damian Cudlin, PBM-Aprilia 25. Martin Bauer , Remus-Suter-BMW 26. Lukas Pesek, Ioda-Suter-BMW

WILAYAH JL. ANTASARI Sutrisno Santi Ian Piter Barso Juni Mulyadi Jono Slamet c Ahmad Adi Yahya Suhaemi Hartopo WILAYAH BASUKI RAHMAT Budi Lestari Suratno WILAYAH WAY HALIM Aris Haryono Mursid Darman Barokah Supratno

NO. HP 0812 7141 4287 0823 7136 8217 0823 7236 4884 0821 3805 6076 0853 6679 3117 0721 7411 532 0812 7436 6635 0813 6994 2178 0853 1328 0801 0813 695 3 2566 0852 5748 3886 NO.HP 0812 7926 0993 0812 7243 324 NO.HP 0813 6901 8340 0813 7994 1670 0812 7890 1769 081369956562 0815 41401433

1 menit 31,220 detik +0,066 +0,158 +0,282 +0,419 +0,638 +0,653 +0,764 +1,143 +1,175 +1,376 +1,536 +1,589 +1,952 +2,032 +2,050 +2,084 +2,267 +2,507 +2,829 +2,857 +2,912 +4,258 +4,424 +4,612 +5,133

Slamet E Refleksi WILAYAH PRINGSEWU Kasmini WILAYAH TJ. KARANG Maskur Bejo Supriyadi Setiawan WILAYAH WAY KANDIS Slamet B Udin

0858 38356512 NO.HP 0857 68669922 NO.HP 0821 8035 5967 0823 7717 5663 0812 3444852 NO.HP 0813 6944 4210 0813 6914 0767

KELURAHAN G. MENENG

NO.HP

Sarimun Wagiman Yatimin Ruslan Saifudin Parman Marmini Juprianto WILAYAH MESUJI Nur Sirwan

0812 7458 1444 0852 7995 8108 0813 6954 2059 0813 6931 9734 0813 6995 5156 0812 7201 5078 0852 6910 9019 0813 6900 1120 NO.HP 0853 66216567


10

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

FOTO ERWIN SAJJAH

Acara Senam Demi Indonesia Bersama Dahlan Iskan di Lapangan Saburai, Enggal, Bandarlampung dihadiri ribuan warga. Alhasil lapangan milik Korem 043/Gatam ini pun berubah menjadi lautan manusia.

FOTO ARI SURYANTO

FOTO ALAM ISLAM

FOTO ALAM ISLAM

Selain memimpin acara Senam Demi Indonesia, Menteri BUMN MN D Dahlan hl IIskan hl k jjuga memberi perhatian pada penyandang cacat, Sarjono, yang masih ih memiliki iliki il iki semangat tinggi untuk sekolah. Mantan Dirut PLN ini didaulat menanam pohon h di kantor PTPN 7 Kedaton, Bandarlampung.

FOTO AGUNG BUDI

FOTO A AGUNG GUNG NG B BUDI UDI

FOTO ALAM ISLAM

FOTO AGUNG BUDI

Senam Demi Indonesia Bersama Dahlan Iskan banjir hadiah.

FOTO ARI SURYANTO FO FOT

FOTO ERWIN SAJJAH

Ny. Nafsiah Sabri, istri Dahlan Iskan.

Goyang Cesar turut memeriahkan acara Senam Demi Indonesia Bersama Dahlan Iskan.

FOTO OTO AJI AJI SAKTIYANT SAK SAKTIYANTO TIYANTO O

FOTO ERWIN ERWIN SAJJAH SAJJAH

FOTO ERWIN SAJJAH

Dahlan Iskan.

FOTO AL ALAM LAM ISLAM

FOTO F OTO A ALAM LAM M IS ISLA ISLAM L

Acara senam bersama Dahlan Iskan juga kebanjiran tokoh. Tampak hadir anggota DPRD Lampung Hartarto Lojaya, Kapolda Lampung Brigjen Pol. Heru Winarko, Danrem 043/Gatam Kolonel Inf. Irwan Sihar Marpaung, dan Dirut PTPN 7 (Persero) Kusumandaru N.S.


11

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

Premier League Sabtu, 9 November 2013 Crystal Palace v Everton (beIN Sport 1 pukul 21.30 WIB) Chelsea v West Brom (Indosiar pukul 21.30 WIB) Southampton v Hull (beIN Sport 2 pukul 22.00 WIB) Aston Villa v Cardiff (Fight Sport pukul 22.00 WIB) Liverpool v Fulham (Nexentertainment pukul 22.00 WIB)

Hasil Champions Jadi Bekal Positif

Minggu, 10 November 2013 Norwich v West Ham (beIN Sport 1 & 3 pukul 00.30 WIB)

Serie A Minggu, 10 November 2013 Catania v Udinese (TVRI pukul 00.00 WIB) Inter Milan v Livorno (TVRI pukul 02.45 WIB)

Primera Division Sabtu, 9 November 2013 Real Madrid v Sociedad (RCTI & Star Sports pukul 22.00 WIB)

Ligue 1 Sabtu, 9 November 2013 Monaco v Evian (BChannel pukul 02.15 WIB) PSG v Nice (BCHannel pukul 22.45 WIB)

Bundesliga Sabtu, 9 November 2013 Wolfsburg v Dortmund (Kompas TV pukul 21.00 WIB)

CHELSEA LONDON - Jose Mourinho bisa menarik napas lega usai matchday keempat Champions League. Chelsea kian dekat dengan satu tiket ke fase knockout. Dengan kondisi itu, The Blues bisa kembali mengarahkan fokus ke perjalanannya di Premier League. Sempat menjalani periode positif dengan sembilan laga tidak terkalahkan, The Blues pekan lalu secara mengejutkan kalah dari Newcastle United dengan skor 0-2. Namun, mereka menunjukkan reaksi positif dengan langsung bangkit dan meraih kemenangan 3-0 saat menjamu Schalke 04 di Champions League. Hari ini (9/11), Chelsea menjamu West Brom di Stamford Bridge (siaran langsung Indosiar pukul 22.00 WIB). Mourinho tentu tak ingin pasukannya terjungkal dua pekan beruntun. Hal itu akan sangat membahayakan posisi mereka dalam perburuan gelar. Mengingat saat ini The Blues sudah tertinggal lima poin dari pimpinan klasemen, Arsenal. Mourinho kemungkinan tidak bisa memainkan Fernando Torres akibat cedera. Posisinya akan digantikan Samuel Eto’o yang mulai kembali menemukan ketajamannya. Dua gol ke gawang Schalke jadi bukti baru bagi kepercayaan Mou

WEST BROM

V

pada Eto’o. ’’Dia tak perlu membuktikan apa-apa lagi. Tetapi sebagai pemain, dia selalu mencari pembuktian untuk dirinya sendiri. Untuk kali pertamanya, dia datang ke Premier League, dan dia ingin menunjukkan itu,” kata Mou –sapaan akrab Jose Mourinho– tentang Eto’o. Di kubu tim tamu, Steve Clarke tentu ingin mengukuhkan reputasi The Baggies sebagai tim spesialis penakluk raksasa Premier League. Kecuali saat dibantai Liverpool 1-4, mereka berhasil meraih kemenangan atas Manchester United di Old Trafford dan juga mengimbangi pimpinan klasemen Arsenal di kandang sendiri. Clarke juga memiliki kenangan tersendiri dengan Stamford Bridge. Mengingat dia dahulu menjadi tangan kanan Mourinho pada periode 2004-2007. Duel reuni spesial melawan sang mentor tentu tak ingin disia-siakan Clarke untuk unjuk kemampuan. Namun, permasalahan berat dihadapi West Brom jelang lawatan ke Stamford Bridge, terutama di sektor penjaga gawang. Kiper utama Ben Foster dipastikan absen karena cedera. Sementara penjaga gawang pelapis, Boaz Myhill, belum pasti bisa tampil. (jpnn/p1/c1/ewi)

SAMUEL ETO’O

GRAFIS: AYEP KANCEE FOTO REUTERS

Salip Legenda Klub

Delapan Tim Pastikan Tiket LONDON – Laga di fase grup Europa League 2013– 2014 masih menyisakan dua pertandingan. Meski begitu, sudah ada delapan tim yang meraih kepastian tiket menuju fase knockout atau babak 32 besar. Tim-tim unggulan menunjukkan kemampuan mereka melepaskan diri lebih awal dari tantangan di penyisihan. Salah satu wakil Inggris, Tottenham Hotspur, meraih kesempurnaan di empat laga yang mereka jalani di grup K. Kemenangan keempat mereka dapatkan saat menjamu wakil Moldova FC Sheriff Tiraspol kemarin dini hari. Spurs –julukan Hotspur– mengakhiri laga di White Hart Lane itu dengan skor 2-1. Seluruh gol terjadi di babak kedua. Gelandang asal Argentina Erik Lamela mencetak gol perdananya untuk Spurs pada menit ke-60. Tujuh menit kemudian, Jermain Defoe menambah keunggulan Spurs melalui titik penalti. Sheriff memperkecil ketertinggalan melalui gol Ismail Isa pada menit ke-72. ’’Hari yang emosional karena saya mampu mencetak gol pertama di sini. Semua pemain bermain dengan kuat, di mana pun posisinya. Itu membuat kami selalu terlibat kompetisi dan mengharuskan setiap pemain berkembang,’’ beber Lamela sebagaimana dikutip situs resmi UEFA. Spurs bergabung dengan tujuh tim lainnya yang hampir bersamaan lolos ke 32 besar. Tim-tim tersebut, antara lain, Valencia (Spanyol) dari grup A, Ludogoretz Razgrad (Bulgaria) dari grup B, dua tim dari grup C Salzburg (Austria) dan Esbjerg (Norwegia), Rubin Kazan (Rusia) dari grup D, serta dua tim grup E yakni

Fiorentina (Italia) dan Dnipropetrovsk (Ukraina). (Selengkapnya lihat klasemen) Sama dengan Spurs, Fiorentina juga meraih kesempurnaan di empat laga awal. Bedanya, La Viola –julukan Fiorentina– harus melalui drama untuk memastikan tiket ke fase knockout. Mereka baru memastikan lolos melalui gol pada injury time saat bertandang ke kandang wakil Rumania Pandurii Targu Jiu. Tim asuhan Vincenzo Montella itu kalah lebih dahulu pada menit ke-32 melalui gol yang dicetak Eric Pareira. Empat menit menjelang waktu normal usai, Ryder Matos menyamakan kedudukan. Lalu, Borja Valero memastikan kelolosan La Viola melalui gol di dua menit tambahan waktu. ’’Laga ini menunjukkan banyak hal positif dan banyak area yang harus segera kami benahi, terutama masalah konsentrasi. Ada hasrat untuk mengambil inisiatif, tetapi kami membuang terlalu banyak peluang. Kami jauh lebih dominan. Jadi kami harus bekerja keras untuk meraih peningkatan,” terang Montella. Wakil Italia lainnya, Lazio, juga belum terkalahkan hingga matchday keempat. Kali ini, mereka meraih kemenangan atas wakil Siprus Apollon Limassol di grup J. Lazio menang dengan skor 2-1. Hasil tersebut belum membuat Lazio memastikan langkah ke babak berikutnya. Mereka tertahan di posisi kedua grup J. Posisi puncak masih ditempati Trabzonspor (Turki) yang kemarin mencuri kemenangan 2-0 di kandang Legia Warsaw (Polandia). (jpnn/p1/c1/ewi)

FOTO ANDREW WINNING/REUTERS

PECAH KEBUNTUAN: Erik Lamela (dua dari kanan) dikerubuti rekan-rekan setimnya di Tottenham Hotspur setelah mencetak gol ke gawang Sheriff Tiraspol dalam lanjutan babak penyisihan grup K Europa League (8/11).

LAGA keempat Tottenham Hotspur di fase grup Europa League 2013-2014 memberi makna spesial bagi Jermain Defoe. Striker timnas Inggris itu menjadi pencetak gol kedua bagi kemenangan Spurs ke gawang FC Sheriff (Moldova). Bukan itu saja, tambahan satu gol membuat Defoe jadi pemain tertajam bagi Spurs di kompetisi Eropa. Pada laga di White Hart Lane kemarin (8/11) dini hari WIB, Defoe mencetak gol dari titik penalti. Gol itu menambah koleksinya menjadi 23 di kompetisi Eropa. Jumlah gol striker internasional Inggris tersebut satu gol lebih banyak dari pemegang rekor sebelumnya, Martin Chivers, selama membela Tottenham 1968-1976. ’’Sesuatu sudah tertulis. Saya tak punya banyak ruang di babak pertama, tetapi saya mencoba bersabar dan mampu menciptakan kemenangan. Saya sangat senang,” ujar Defoe. Dia mengaku bertemu dengan Chivers di pertandingan itu. Mereka sempat berbincang singkat, termasuk mendapatkan dorongan untuk melampaui catatan gol yang sudah ditorehkan sang legenda The Lilywhites -julukan lain Spurs. ’’Dia (Chivers) adalah seorang legenda. Saya melihat dia saat istirahat. Dia bilang kepada saya untuk terus menjaga permainan dan mematahkan rekornya. Senang rasanya kalau seseorang seperti Martin mengatakan hal itu,” kata Defoe kepada ITV. Selain itu, Defoe mengaku sangat beruntung bermain bersama Erik Lamela. Lamela membuka kebuntuan Spurs di menit ke-60. Gol itu turut mencairkan ketegangan setelah beberapa kali peluang Spurs dimentahkan barisan pertahanan Sheriff. ’’Erik Lamela bermain fantastis hari ini (kemarin, Red). Dia kuat dan bagus saat menguasai bola. Sulit bagi tiap orang datang ke klub baru di usia yang muda, tetapi dia membuat segalanya berubah bagi kami,” tutur penyerang 31 tahun itu. (jpnn/p1/c1/ewi)

HASIL DAN KLASEMEN EUROPA LEAGUE (8/11)

GRAFIS: AYEP KANCEE


12

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

Wasit Netral, LFC Bisa Juara SLEMAN – Kemenangan 2-0 atas Persenga Nganjuk pada semifinal Divisi Utama LPIS di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jogjakarta (7/11), mendongkrak kepercayaan diri skuad Lampung FC (LFC). Tak terkecuali sang pelatih, M. Nasir. Dia optimistis Gajah Beringas –julukan LFC– bakal membungkam PSS Sleman pada final besok (10/11). Mantan pelatih PS Bengkulu itu tak asal bicara.

Hasil peng amatan nya, ketika mengalahkan Persitara Jakarta Utara pada semifinal, penampilan Elang Jawa –julukan PSS Sleman– tidak terlalu istimewa. ’’Kuncinya satu, wasit. Kalau wasit netral, Lampung FC bisa mengalahkan PSS dan keluar sebagai juara. Mudahmudahan tidak ada intervensi dari pihak mana pun yang menginginkan Lampung FC kalah pada laga final. Bicara kemampuan, anak-anak setingkat di atas PSS,” beber Nasir, Jumat (8/11). Di sisi lain, Nasir memohon dukungan dan doa masyarakat Lampung terhadap perjuangan anak asuhnya.

’’Sukses Lampung FC tidak memiliki nilai apa-apa kalau tak mendapat restu dan doa dari masyarakat Lampung. Karena itu, kami memohon doa dan dukungan masyarakat Lampung. Kehadiran masyarakat Lampung di stadion bisa memberikan kekuatan tersendiri bagi tim saat bertarung di lapangan,” ucapnya. Prediksi LFC bakal mengangkat trofi juara datang dari CEO Persitara S. Andyka. ’’Saya rasa PSS bakal kalah dari Lampung FC. Kami sudah dua kali melawan mereka dan paham kekuatan mereka. PSS saya rasa setingkat dengan tim kami (Persitara,

Red). Bahkan, tim kami unggul dalam ball possession,” ungkapnya saat jumpa pers usai laga Persitara kontra PSS, Kamis malam (7/11). Masih k a t a Andyka, dia mendengar isu tak sedap yang menyebut kan PSSI telah menyiapkan PSS Sleman menjadi juara. ’’Isunya PSS memang sudah disiapkan

menjadi juara,” tuturnya. Berwisata ke Borobudur Kemarin, skuad LFC berwisata ke Candi Borobudur. ’’Tidak ada program latihan hari ini (kemarin). Anak-anak sengaja diliburkan agar lebih fresh menghadapi laga final. Kami berharap penampilan anakanak Minggu besok bisa maksimal,” ujar CEO LFC Suhardi melalui sambungan telepon. (rnn/c1/ p2/ewi)

MANAJEMEN SIAPKAN BONUS TAMBAHAN KEBERHASILAN Ari Wibowo dkk. lolos ke final Divisi Utama LPIS setelah mengalahkan Persenga 2-0 pada semifinal (7/11) diiringi kabar gembira. Suhardi, CEO Lampung FC (LFC), mengatakan, pihaknya

bakal memberikan bonus. Namun, dia tak menyebutkan nilai dan kapan bonus itu diserahkan. ’’Sudah pasti ada dong untuk kemenangan di semifinal. Kan ada bantuan dari Pak Wali Kota (Wali

Kota Bandarlampung Herman H.N., Red). Jika tembus juara, insya Allah ada tambahan bonus lagi,” kata pria yang akrab disapa Buyung itu kemarin (8/11). Dilanjutkan, pihaknya terus

memotivasi para pemain menyongsong laga final melawan PSS Sleman besok. ’’Kami terus menguatkan mental para pemain. Apalagi, pertandingan final digelar di Stadion Maguwoharjo

REAL MADRID

yang tak lain kandang PSS Sleman,” imbuhnya. Menurut pengamatan Buyung, Ari Wibowo dkk. siap melakoni partai puncak. ’’Para pemain siap berlaga di

final. Meskipun mereka tahu suporter PSS Sleman tentu lebih banyak ketimbang suporter Lampung FC. Wajar, soalnya PSS Sleman kan main di kandang sendiri,” ungkapnya. (cw8/c1/ewi)

SOCIEDAD

Merindukan Gawang Perawan

Diego Lopez

MADRID – Melawan Granada (26/8) dan Malaga (19/10) boleh dibilang menjadi pertandingan yang menunjukkan ketangguhan Diego Lopez di bawah mistar gawang Real Madrid. Bagaimana tidak, dari 12 laga Real di Primera Division musim ini, hanya dalam dua laga itu gawang Lopez mencatat clean sheet (tidak kebobolan). Dengan kata lain, dalam 10 laga lainnya, gawang Real gagal perawan (overall kebobolan 16 gol). Lopez yang telah dipercaya sebagai kiper reguler Real di Primera itu jelas tak bisa disalahkan seorang diri atas statistik tersebut. Sepuluh pemain Real lainnya memiliki tanggung jawab sama untuk meng-

FOTO NET

amankan benteng klub berjuluk Los Merengues tersebut. Wajar jika kemudian Lopez merindukan gawang Los Merengues kembali perawan. Harapan yang ingin direalisasikan saat menjamu Real Sociedad di Santiago Bernabeu malam nanti. ’’Kami mungkin menyenangkan banyak orang karena mencetak sampai tujuh gol dalam satu pertandingan. Tetapi, kebobolan tiga gol juga bukan sesuatu yang menyenangkan bagi sebagian orang,” kata Lopez mengacu home terakhir kontra Sevilla yang dimenangi Real dengan skor 7-3 (30/10) itu seperti dilansir Cadena SER. Harapan Lopez sekaligus harapan Carlo Ancelotti. Entrenador Real itu menilai lawan Sociedad menjadi ke-

sempatan bagi pertahanan timnya seiring absennya Sergio Ramos karena akumulasi kartu. Ramos seharusnya sudah absen lawan Rayo Vallecano pekan lalu (2/11), tetapi tertunda karena belum disahkan dalam sidang Komite Disiplin RFEF (Federasi Sepak Bola Spanyol). Minus Ramos, Pepe dan Raphael Varane bakal bertandem. Kolaborasi keduanya memang masih diragukan. Itu karena Real tak pernah menang dan selalu kebobolan dua gol saat Pepe dan Varane diduetkan. Yakni saat kalah 1-2 dalam El Clasico kontra Barcelona (26/10) dan seri 2-2 dalam laga terakhir kontra Juventus (5/11). ’’Kami harus mulai lebih rapat di pertahanan karena kami kebobolan dua kali lebih banyak ketimbang Atletico Madrid, bahkan juga masih lebih banyak dari Sociedad (12 gol, Red),” tutur Ancelotti kepada Mundo Deportivo.

Pelatih yang akrab disapa Carletto itu memang concern dengan pertahanan setelah masalah di lini depan boleh dibilang telah teratasi. Di depan misalnya, trisula maut Cristiano Ronaldo-Karim BenzemaGareth Bale semakin padu. Ketiganya membantu Real menjaringkan 12 gol dalam tiga laga terakhir (rata-rata 4 gol per laga). Sedangkan di tengah, kembali pulihnya Xabi Alonso memberi keseimbangan permainan. Sejarah pertemuan dengan Sociedad juga ujian bagi pertahanan Real. Itu karena dalam tiga laga terakhir kontra Txuri-urdin (sebutan Sociedad), gawang Real selalu kebobolan. Termasuk saat kapten Sociedad Xabi Prieto menorehkan hat-trick di Bernabeu musim lalu meski timnya kalah 3-4. ’’Tentu saja saya berharap bisa menorehkan gol lagi di Bernabeu. Jika Real memilih bermain menyerang membabi-buta, kami memiliki peluang mencetak gol,” kata Prieto kepada Marca. (jpnn/p2/c1/ewi)

Bela CR7 dari Zubi dan Ilmuwan CRISTIANO Ronaldo kembali dijadikan sasaran perbandingan pemain. Setelah Presiden FIFA Sepp Blatter menyebut Ronaldo bukan anak manis seperti Lionel Messi, giliran Direktur Olahraga Barcelona Andoni Zubizarreta menyebut CR7 –sebutan Ronaldo– masih kalah ketimbang Cristian Tello. Tello (22) notabene penyerang sayap Barca. Tello merupakan produk akademi La Masia Barca dan telah promosi ke tim utama sejak 2011. Di musim ini, pemain dengan satu caps itu memang telah bermain

delapan laga, tetapi semuanya sebagai pengganti. ’’Bagi saya, Messi masih pemain terbaik dunia. Jika Anda menanyakan siapa yang lebih baik antara Tello dan Cristiano Ronaldo sekalipun, saya juga akan memilih Tello,” kata Zubi, sapaan akrab Zubizarreta, kepada Sport. ’’Semua pemain Barca lebih baik darinya (Ronaldo),’’ imbuh pria yang baru saja diperpanjang kontraknya oleh Barca sampai 2016 itu. Di sisi lain, penelitian yang dilakukan Oxford University dan

beberapa institusi di Australia awal pekan ini mengungkapkan bahwa Messi lebih hebat dari CR7. Itu dikarenakan si Kutu –julukan Messi– merupakan pemain kidal, dan pemain kidal umumnya memiliki cara kerja otak yang tak mudah diprediksi. Dibandingkan pemain berkaki kanan, pemain kidal lebih kreatif dalam memecahkan masalah sepanjang pertandingan maupun menciptakan trik-trik baru dalam skill. Satu lagi, lebih cepat mencetak gol. Namanama lain seperti David Silva, Gareth

Bale, Diego Maradona, sampai Ryan Giggs seolah mendukung teori ini. Pernyataan Zubi dan hipotesa ilmuwan Oxford itu pun menuai respons dari entrenador Real Carlo Ancelotti. Pelatih dengan gaji termahal di Primera Division itu menilai Ronaldo paling layak memenangi pemain terbaik dunia 2013 menilik performa yang ditunjukkan musim ini. ’’Sederhana saja, berikan penghargaan itu kepada Cristiano Ronaldo dan saya pikir tidak akan ada yang keberatan,” ujar Ancelotti kepada AS. (jpnn/p2/c1/ewi)


13

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

Paripurna Tunggu Banmus

KPU Siap Lengser Tetap Salahkan Pemprov BANDARLAMPUNG – Komisioner KPU Lampung mengaku pasrah jabatan mereka ’’dibubarkan” jika pemilihan gubernur (pilgub) batal diselenggarakan pada 2013. Ini menyusul pernyataan pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra yang menegaskan bila Pilgub Lampung batal digelar tahun ini, Surat Keputusan (SK) KPU Pusat No. 707/Kpts/KPU/ 2013 tentang Perpanjangan Masa Jabatan KPU Provinsi Lampung tidak memiliki dasar hukum. Komisioner KPU Lampung Edwin Hanibal pun mengaku pasrah jika harus lengser. ”Terserah KPU Pusat saja karena mereka yang punya kuasa dan mereka atasan langsung KPU provinsi,” kata dia kepada Radar Lampung kemarin. Namun, Edwin mengingatkan bahwa di UU Penyelenggara Pemilu jelas disebutkan kalau tahapan pilgub sudah berjalan, penyelenggaranya diperpanjang dua bulan sampai setelah dilantiknya gubernur. Sementara yang menggugurkan pilgub di Lampung adalah pemerintah provinsi (pemprov) karena tidak menganggarkan dananya. ”Bukan kesalahan KPU provinsi,” ingatnya. Edwin juga mengomentari terkait makin tidak mungkin digelarnya Pilgub 2 Desember 2013. Kemungkinannya karena tidak ada APBD Perubahan 2013 yang diajukan pemprov kepada DPRD Lampung.

Terserah KPU Pusat saja karena mereka yang punya kuasa dan mereka atasan langsung KPU provinsi. EDWIN HANIBAL Komisioner KPU Lampung

”Kalau untuk pelaksanaan hari H-nya pada Desember 2013, sudah kecil kemungkinan karena tidak ada APBDP 2013,” kata dia. Meski begitu, Edwin tetap kukuh masih ada jalan asal para bakal calon gubernur-wakil gubernur beserta ketua partai politik (parpol), pimpinan DPRD, dan fraksi-fraksinya mendesak gubernur untuk menganggarkan atau meminta dianggarkan untuk sebagian tahapan pilgub. Di antaranya untuk pemeriksaan kesehatan sampai penetapan calon, pengundian nomor urut calon, dan dana untuk pembuatan logistik surat suara. Sehingga pelaksanaan pilgub bisa awal 2014, bisa pada Januari atau Februari. Asalkan, diizinkan dan disetujui oleh KPU Pusat. Tapi, jika tidak ada kemungkinan, setelah Pemilu Presiden (Pilpres) 2014. Jika digelar setelah pilpres,

KPU tetap berupaya tidak ada kocok ulang. Yakni bakal calon gubernur-wakil gubernur yang sekarang bisa ditetapkan sebagai calon gubernur-wakil gubernur karena tahapannya sudah jalan dan mulai sebelum adanya Pileg 2014. ’’Tapi, karena kesengajaan gubernur dan 75 anggota DPRD tidak menganggarkan, kemudian ada perintah untuk mengulang tahapan, ya KPU provinsi akan mengonsultasikan hal ini ke KPU Pusat. Tapi, sebelum ditetapkan hasil Pileg 2014, KPU Lampung masih menggunakan hasil Pileg 2009,” urainya. Caranya, lanjut dia, melalui KPU Pusat meminta agar Mendagri memberikan pinjaman anggaran atau mengambil alih masalah pendanaan Pilgub 2013 sesuai UU Pemda dan UU Penyelenggara Pemilu. KPU sendiri belum mengagendakan pleno penundaan karena masih berharap semua pihak bisa mendesak gubernur dan anggota DPRD untuk menganggarkan. Menurut dia, faktor utama berlangsung atau tidaknya pilgub ada di tangan gubernur. Seharusnya semua pihak terkait dengan permasalahan pilgub mendesak gubernur menganggarkan. ’’Apakah anggarannya seperempat, setengah, atau seluruh dari anggaran pilgub,” kata Edwin. Untuk APBD 2014, pemprov harus mengundang ketua dan anggota KPU Lampung serta Bawaslu dan kepolisian guna membahas anggaran itu.

FOTO RNN

Baca KPU Hal. 14

KOTAK SUARA PILEG: Sejumlah pegawai KPU Lampung Barat memindahkan kotak suara Pileg 2014 ke gudang Pemkab Lambar kemarin.

BANDARLAMPUNG – Rapat paripurna penyerahan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2014, di antaranya membahas anggaran pilgub, masih menunggu rapat badan musyawarah (banmus). Wakil Ketua DPRD Lampung Nurhasanah mengatakan, rapat banmus dijadwalkan digelar pada Selasa (12/11). ”Nanti dari rapat banmus akan ketahuan kapan paripurna 2014. Hingga kini, kita masih belum ada jadwal paripurna KUA-PPAS,” katanya kemarin. Menurut legislator PDI Perjuangan ini, APBD 2014 harus dibahas. Namun, Nurhasanah mengatakan, DPRD tetap meminta jawaban tertulis dari pemprov terkait ketiadaan APBD Perubahan 2013. “Tetap akan disurati soal APBDP. Karena kan memang perlu dijelaskan,” katanya. Nurhasanah menambahkan, pembahasan APBD dan anggaran pilgub di dalamnya tetap didasarkan pada kepentingan masyarakat. Terpisah, Ketua Komisi lll DPRD Lampung Ahmad Bastari menyatakan, rapat pembahasan APBD 2014 tetap akan dilakukan. Nantinya, komisi lll juga memanggil pihak-pihak terkait soal anggaran. ”Ya, kita akan panggil satker terkait nanti,” katanya. Diketahui, pada KUA-PPAS 2014, anggaran pilgub yang akan dibahas dewan sebesar Rp134 miliar. Perinciannya, anggaran untuk KPU Rp109 miliar, untuk Bawaslu Rp15 miliar, dan pengamanan pilgub untuk Polda Lampung Rp10 miliar. (wdi/p4/c2/gus)

Lima Potensi Kerawanan Pilgub BANDARLAMPUNG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung memprediksi sejumlah potensi kerawanan pemilu, termasuk dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung mendatang. Potensi kerawanan paling menonjol, di antaranya potensi jual-beli suara. Ini semakin menguatkan penetapan provinsi ini sebagai salah satu zona merah politik transaksional dan pragmatis. Pimpinan Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah mengatakan, potensi kerawanan pemilu dan pilgub harus diantisipasi semua pihak. ’’Harus diantisipasi. Untuk potensi jual-beli suara

harus diminimalisasi agar cap zona merah politik pragmatis dan transaksional bisa hilang dari Lampung,” kata Khoir – sapaan akrab Fatikhatul Khoiriyah– kemarin. Wanita berjilbab ini merincikan, pertama, potensi konflik seperti tingginya frekuensi antarmassa, antarmassa dengan elite, serta membuka peluang konflik latensi dan manives sosial. Kedua, besarnya sirkulasi arus orang, uang, dan barang membuka peluang bagi terjadinya politik uang. Ketiga, jual-beli suara. Ini karena bertemunya orang yang sedang butuh dukungan tapi tak

punya suara serta dengan pemilih yang punya suara namun sedang dalam kondisi minimnya daya beli ekonomi. Keempat, menguatnya politik identitas dalam pemilu berbasis pada suku, agama, ras, dan antargolongan. Kelima, merusak orde sosial. Di mana, kata dia, pemilu mendorong kebaikan sekaligus merusak tatanan sosial selama ini yang sudah dibangun. Sebelumnya, Pimpinan Bawaslu Pusat Nasrullah mengatakan, Lampung menjadi salah satu zona merah di Sumatera selain Sumatera Selatan dan Bangkabelitung. Indikatornya, hampir semua pilkada, mulai

dari pilgub hingga pilkada bupati/wali kota di Lampung, terdapat praktik itu, termasuk pada Pemilu 2009. ’’Karena membaca potensipotensi itu, kami tidak berharap terjadi pada Pemilu 2014,” kata Nasrullah usai launching Gerakan Satu Juta Relawan Pengawasan Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD 2014 di Hotel Emersia, Bandarlampung, Rabu (31/10). Karena masuk dalam zona merah, maka Bawaslu Pusat tidak ingin dalam kerangka penyelenggaraan Pemilu 2014, Baca LIMA Hal. 14


14

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

PARLEMENTARIA FORUM ini disajikan untuk menampung aspirasi masyarakat dan laporan hasil pem ba ngunan ke DPRD Pringsewu. Selain itu, juga dapat dimanfaatkan untuk menyosialisasikan keputusan dan aktivitas yang dilakukan anggota DPRD setempat. Caranya Ketik (MDPRD) spasi (isi materi Hj. Karsiyem yang disampaikan). Ketua DPRD Pringsewu Contoh: MDPRD minta perbaikan jalan kirim ke 081373405603. Masukan yang disampaikan segera direspons anggota DPRD Pringsewu.

Pelatihan Petani Karet BAPAK dan Ibu Anggota DPRD Pringsewu, mohon kiranya agar tak sekadar pembinaan. Tapi juga pelatihan bagi petani khususnya yang bercocok tanam karet bisa ditingkatkan. Hal ini agar mutu dan hasil panen getah karet dapat lebih bagus. (085252xxxxxx)

Baru 5 Sentra Gakkumdu Terbentuk BANDARLAMPUNG – Pengawasan Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April 2014 mendapatkan evaluasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pusat. Sebab, dari 14 kabupaten/kota yang ada, baru lima daerah yang telah memiliki Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang bertugas menangani dugaan pelanggaran pidana pemilu. Lima daerah itu adalah Lampung Tengah, Metro, Lampung Selatan, Pesawaran, dan Bandarlampung. Sedangkan beberapa daerah belum terbentuk dengan berbagai kendala (selengkapnya lihat tabel).

”Evaluasi dari Bawaslu Pusat, di Lampung masih belum semua kabupaten/kota terbentuk Sentra Gakkumdu-nya,” kata Ketua Sentra Gakkumdu Lampung Fatikhatul Khoiriyah kepada wartawan koran ini kemarin. Ia mengatakan, evaluasi ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Tingkat Nasional Sentra Gakkumdu Tahap II di Jakarta, Rabu (6/11). Dia melanjutkan, daerah yang belum membentuk Sentra Gakkumdu karena masih menunggu surat perintah (sprint) dari masing-

masing institusi, yakni kepolisian dan kejaksaan. Juga soal geografis, misalnya Tanggamus dan Pringsewu yang kepolisian resort (polres)-nya masih menjadi satu. Hal serupa juga terjadi di Tulangbawang dan Tulangbawang Barat. Sedangkan untuk Lampung Timur, tinggal menunggu dari kejaksaan. Sebagai tindak lanjut dari evaluasi itu, pada Kamis–Sabtu (14–16/11) dilaksanakan rakor tingkat provinsi. ”Rakor untuk mengevaluasi kembali dan sebagainya. Targetnya, bulan ini terbentuk semua Sentra

Gakkumdu,” ungkap Khoir, sapaan akrab Fatikhatul Khoiriyah. Khoir melanjutkan, meskipun sebagian besar daerah belum memiliki Sentra Gakkumdu, belum ada pengaruh signifikan terhadap penga-

PEMBENTUKAN GAKKUMDU - Tanggamus, Pringsewu, Tulangbawang, dan Tulangbawang Barat terkendala polres-nya masih menjadi satu. - Lampung Timur tinggal menunggu kepastian kejaksaan negeri setempat. - Mesuji, Lampung Barat, Lampung Utara, dan Waykanan terkendala belum ada sprint dari polres serta kejaksaan setempat. SUMBER: BAWASLU LAMPUNG

Rentan di Surat Suara Cadangan

ADVERTORIAL

Jawaban PETANI karet dan yang lain memang harus diasah serta ditingkatkan kema mpuannya. Ini agar hasil panen lebih meningkat termasuk memiliki kualitas dan kuantitas yang memadai. Untuk itu, kami meminta pihak terkait agar memperhatikan harapan petani tersebut. Tak hanya itu. Pemasaran hasil panen juga ikut diperhatikan. Tentunya agar masyarakat, petani khususnya merasakan kemakmuran. (*)

Butuh Pemimpin Berkepala Batu JAKARTA – Pengamat hukum tata negara Irman Putrasidin meminta masyarakat tidak memilih calon presiden (capres) yang ambisius dan malumalu. Sikap ambisius atau malu-malu, menurut Irman, sudah melanggar etika seorang calon pemimpin. ”Ada dua sikap yang diperlihatkan para capres, yakni yang sibuk menyatakan dirinya siap jadi presiden dan ada lagi yang bilang tidak mau. Bagi saya, dua-duanya tidak layak untuk dipilih jadi presiden dalam Pemilu 2014,” kata Irman dalam acara DPD RI Menyapa yang bertema Figur Pemimpin dan Indonesia Pasca 2014 di press room DPD, Jakarta, kemarin. Menurut Irman, capres yang ngotot menyatakan diri mau jadi presiden dan capres yang bilang tidak mau jadi presiden sudah menyalahi standar etika seorang pemimpin. ”Kita cari pemimpin yang terpanggil segenap jiwa dan raganya untuk mengurus rakyat serta negeri ini. Yang dibutuhkan adalah pemimpin yang tahu hendak dibawa ke mana bangsa ini,” ujarnya. Menurut Irman, rakyat tidak pernah meminta macam-macam dari pemimpinnya. Yang dibutuhkan adalah kesejahteraan dan pendidikan berkualitas. Karena itu, Irman berharap agar muncul dan terpilih pemimpin yang tidak didasari atas elektabilitas serta popularitas. ”Dalam kondisi yang seperti ini, kita butuh juga pemimpin yang kuat, keras kepala, dan berkepala batu,” ujarnya. Di tempat yang sama, Wakil Ketua DPD RI Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas mengkritik janji-janji capres yang masih berkutat pada isu kontestasi pemilu presiden periode sebelumnya. ”Saya kira, apa yang disampaikan masih sama dengan lima atau sepuluh tahun lalu. Soal pendidikan gratis dan lain-lain,” kata Hemas. Hemas menyatakan, sebagai calon pemimpin, masing-masing tokoh sebaiknya mengetahui secara persis karakter dan kebutuhan masyarakat. Di setiap daerah, aspirasi setiap masyarakat tentu berbeda. ”Apa pun yang menjadi kesulitan, keinginan rakyatnya, harus bisa ditangkap seorang pemimpin,” tegasnya. (jpnn/p7/c2/gus)

FOTO IST

SOSIALISASIKAN RIDHO: Ny. Aprilani Yustin Ficardo semakin gencar menyosialisasikan pasangan Muhammad Ridho Ficardo dan Bachtiar Basri (Ridho Berbakti). Di antaranya, pada Kamis (7/11), Ny. Aprilani kembali bersilaturahmi dengan warga Kecamatan Tanjungkarang Timur dan Kedamaian, Bandarlampung. Pada kesempatan itu, Ny. Aprilani juga mengukuhkan pengurus Majelis Taklim Ar-Ridho di masing-masing kecamatan.

Lima... hal itu kembali terjadi. Bawaslu ingin membangun persepsi secara bersama-sama dengan seluruh stakeholder pemilu bahwa caracara itu kurang beradab, tidak mendidik, dan malah membenarkan

Sambungan dari Halaman 13 posisi praktik korupsi. ”Dengan demikian, bila ingin dicegah, harus dicegah sedini mungkin dari sisi hulunya (calon). Kita kan mau mencari calon pemimpin. Kalau dari hulunya saja praktik

korupsi sudah kita biarkan, jangan disalahkan kalau mereka jadi nanti melakukan praktik korupsi seperti itu juga,” ujarnya. Dia mengimbau seluruh komponen peserta pilkada dan pemilu

KPU... ”Jangan sampai salah lagi. Karena Sekprov (sekretaris provinsi) saja tidak paham, siapa yang harus terlibat dalam pembahasan anggaran,” tegasnya. Edwin mengatakan, di UU No. 15/2011 tentang Penyelenggara Pemilu di pasal 9, tugas membuat dan menyusun anggaran untuk

wasan pemilu. ”Belum berpengaruh karena memang di Lampung belum ada dugaan pelanggaran pidana. Tapi, bukan berarti menjadi tidak penting. Sesegera mungkin dibentuk,” janjinya. (dna/p7/c2/gus)

untuk berkompetisi secara sehat, demokratis, jujur, dan adil. Pemilu mesti dikawal untuk mendapatkan proses serta hasil yang bersih, berkualitas, dan bermartabat. (dna/ p7/c2/gus)

Sambungan dari Halaman 13 pilgub adalah KPU provinsi. Yang dimaksud adalah komisionernya, bukan sekretaris atau kepala bagian, kepala subbagian, dan staf. ’’Kalau kuasa pengguna anggaran, benar sekretaris,” bebernya. Terpisah, Komisioner KPU Lampung Handi Mulyaningsih juga mengatakan bahwa lembaganya

sudah maksimal berupaya. ’’Kalau pemerintah tak menganggarkan, KPU tak bisa menggelar pilgub,” katanya kemarin. Terkait keabsahan SK perpanjangan KPU jika Pilgub 2013 gagal digelar, Handi juga mengaku siap lengser. ”Siap saja. Terserah KPU Pusat karena itu kewenangannya,”

tegas Handi. Sementara pleno penundaan tahapan akan dilakukan setelah 2 Desember 2013. Meskipun, kata dia, pilgub yang paling ideal tetap dilakukan pada 2013. KPU akan melakukan dengan baik bila pemerintah segera menyelesaikan penye-diaan anggarannya. (dna/p7/c2/gus)

JAKARTA – Direktur Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) Said Salahudin menduga Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan memasukkan pemilih bermasalah yang ikut ditetapkan dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2014 ke dalam daftar pemilih khusus (DPK). Kemungkinan itu dilakukan jika sampai batas waktu yang ditetapkan KPU tidak bisa menyelesaikan perbaikan 10,4 juta data bermasalah. Sebab, sesuai ketentuan Undang-Undang No. 8/2012, pemilih haruslah penduduk yang telah berusia 17 tahun dan memiliki nomor induk kependudukan (NIK). ”Jadi ada upaya menggeser DPT dengan DPK,” ujarnya di Jakarta kemarin. Menurut Said, upaya ini justru sangat berbahaya. Karena surat cadangan hanya diperuntukkan bagi pemilih yang terdaftar dalam DPT, namun mencoblos bukan di tempat pemungutan suara (TPS) di mana ia terdaftar. Selain itu, surat suara cadangan juga digunakan untuk pemilih yang salah mencoblos atau karena ada surat suara yang rusak. ”Jadi intinya pemilih khusus memang dijamin hak pilihnya. Tapi, tidak dijamin surat suaranya. Surat cadangan yang dialokasikan juga hanya 2 persen dari DPT,” katanya. Sebagai asumsi, Said mencontohkan jika di sebuah TPS nantinya terdapat 200 pemilih. Maka surat suara cadangan yang dialokasikan hanya 4 lembar. Kalau di sebuah TPS terdapat 10 pemilih khusus saja, dapat dipastikan enam pemilih kehilangan hak suara. Itu belum termasuk kemungkinan pemilih khusus menumpuk hanya di beberapa daerah, maka akan lebih banyak pemilih kehilangan hak. ”Jadi pemilih khusus itu hanya untung-untungan saja menggunakan surat suara cadangan. Kalau masih ada stok sisa, ya mereka bisa memilih. Kalau habis, ya gigit jari. Dengan kata lain, penempatan menjadi pemilih khusus berpeluang besar menghilangkan pemilih menggunakan hak politiknya,” ujar Said. Saat ditanya apakah ia memiliki data terkait perkiraan ini, Said mengaku hasil penelitian Sigma pada Pemilu Presiden 2009, terdapat 140 kasus pemilih khusus di DKI Jakarta yang kehilangan hak suara karena kehabisan surat suara. (jpnn/p7/c2/gus)


SOCIETY

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

15

Nilai Swadaya Masyarakat Masih Ada di Pringsewu

DI awal program pemberdayaan masyarakat era 1990–2005, kontribusi swadaya warga berupa tenaga kerja, lahan, material, alat, dan dana masih sangat mudah didapat. Namun seiring waktu, dengan kian kompleksnya kondisi sosial masyarakat, berimbas terhadap program pemberdayaan masyarakat. Karena

saat kini, potensi swadaya yang bisa digali dari masyarakat kian langka. Bertolak belakang dengan fakta dan kecenderungan umum tersebut, sikap langka di masyarakat itu ternyata masih bisa ditemui di salah satu lokasi pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MPd) di Kabupaten

Pringsewu. Kunjungan kerja monitoring dan supervisi ke Pekon Bumirejo dan Sumberrejo, Kecamatan Pagelaran, Pringsewu, beberapa waktu lalu cukup memberi kepuasan dan ketertarikan tersendiri. Inisiatif warga dan nilainilai keswadayaan di kedua pekon ini ternyata masih kuat.

Armiana, Spesialis Pengobatan Kejantanan, Urat Kejepit dan Keseleo JANGAN biarkan Anda menderita karena keseleo atau urat kejepit. Sebab jika tidak ditangani dengan tepat, bisa menyebabkan kelumpuhan atau akibat fatal lainnya. Anda juga bermasalah dengan hubungan suami-istri karena mengalami gangguan seperti gairah menurun, lemah syahwat, ejakulasi dini, serta masalah lainnya yang menyebabkan hubungan Anda kurang harmonis? Anda tidak perlu khawatir. Dengan harga terjangkau, Armiana akan membantu mengatasi berbagai permasalahan Anda. Karena Armiana mengurut tepat pada urat. Dengan menelusuri urat, Armiana akan mengembalikan urat Anda secara cepat dan tepat. Keberhasilan Armiana dalam mengatasi berbagai permasalahan sudah terbukti. ’’Alhamdulillah, semua

Armiana pasien yang datang ke klinik kami bisa disembuhkan,” terang Ny.

Armiana. Karenanya, segera kunjungi dan berobatlah di Klinik Urut Urat Armiana dan Refleksi di Jalan Rajabasa Raya No. E5 dekat Pasar Perumnas Wayhalim, sebelah Apotek Sido Waras, Bandarlampung. Klinik Urut Urat Armiana buka setiap hari pukul 07.00- 22.00 WIB. Anda tidak perlu bingung karena Klinik Urut Urat Armiana berada di tempat yang cukup strategis dan dapat diakses dari arah mana pun. ’’Kami pastikan masyarakat tidak kecewa dengan kualitas layanan dan pengobatan serta perawatan dari kami. Di sini juga disediakan jamu untuk membantu pengobatan dari dalam tubuh,’’ tegas Ny. Armiana. Karena itu, segera kunjungi Klinik Urut Urat Armiana atau hubungi 0721703040 atau 0821-7710 3337. (adv)

Kegiatan pembangunan jalan telford dan jembatan rangka baja dengan talut dan oprit jembatan yang memerlukan penimbunan tanah dalam kapasitas besar di Pekon Bumirejo, ternyata pengerjaannya dapat diselesaikan melalui swadaya masyarakat. Padahal jika dihitung volume dan nilai rupiah yang harus

dikeluarkan warga untuk pengadaan timbunan tanah untuk talut sepanjang 55 meter dan oprit jembatan 48 meter, angkanya cukup signifikan. Itu setara dengan nilai volume bahan sebanyak 250 m³ untuk tanah uruk, ditambah penyediaan alat dan tenaga kerja, plus nilai tanah yang terkena pelebaran.

Jika semua kebutuhan itu di’’uang”-kan, jelas akan terbayang nilai yang tidak sedikit. Namun terkait itu, warga mengatakan, ’’Pembangunan ini merupakan keinginan kami, sehingga harus sebaik-baiknya dibangun walaupun harus berswadaya sekalipun”. Wah, sikap yang benarbenar patut diapresiasi! (adv)


PENDIDIKAN

16

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

Cerdas Berkualitas

Tenang, Sertifikasi Guru Tak Dihapuskan! BANDARLAMPUNG – Guru-guru di Lampung sedang resah. Penyebabnya, belakangan tersiar kabar pengurusan sertifikasi berakhir pada 2014. Akibatnya, tentu akan berimbas pada kesejahteraan pendidik. Karena tanpa sertifikasi, mereka tak akan mendapat tunjangan. Namun beruntunglah, hal itu tidak benar. Sebab, para guru bisa mengurus sertifikasi hingga 2015. Terutama mereka yang telah melalui uji kompetensi awal yang dilakukan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP)

Lampung pada Februari 2013. Penegasan ini disampaikan Ida Kartika Ria, Kasi Pendidik dan Tenaga Pendidik Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Bandarlampung, kemarin. Menurut dia, jumlah guru PNS penerima sertifikasi periode 2010 hingga 2013 di Lampung telah mencapai ribuan orang. Rinciannya pada 2010 sebanyak 930 orang, 2011 (1.032), 2012 (1.182), dan 2013 (1.166). Jika dilihat, terjadi penurunan antara 2012 dan 2013, meski tidak terlalu

signifikan. Hal ini, kata Ria, disebabkan beberapa faktor. Seperti pensiun atau guru dimutasi ke tempat lain. Dalam kesempatan itu, dia menolak validasi dan verifikasi guru penerima sertifikasi dilakukan Disdik. ’’Sebab, ini kan sudah era otonomi daerah. Jadi prosesnya tetap di Disdik kabupaten/kota. Sementara provinsi menjadi koordinatornya,” saran dia. Disdik Bandarlampung melakukan verifikasi dan validasi berdasarkan surat Kemendikbud, persisnya Direktorat Jenderal Pendidikan Me-

nengah. Surat bernomor 0365/D5.1/ LL/2013. Isinya, mulai anggaran 2013, sesuai keputusan Komisi X DPR RI, penyaluran dana tunjangan profesi bagi guru bukan PNS (GBPNS), subsidi tunjangan fungsional, serta tunjangan khusus guru pendidikan menengah, dialihkan ke pusat. ’’Dalam hal ini Direktorat P2TK Dikmen,’’ jelasnya. Lalu, Direktorat P2TK Dikmen meminta Disdik kabupaten/kota untuk memverifikasi guru PNS yang mene-

rima tunjangan fungsional 2013. Termasuk guru non-PNS yang lulus sertifikasi pada 2006–2013. Selanjutnya memvalidasi dan memverifikasi data nomor rekening bank calon penerima sehingga tidak terjadi kesalahan penyaluran atau retur. Juga memvalidasi dan memverifikasi data persyaratan 24 jam per minggu sesuai sertifikat pendidik. ’’Sehingga tidak perlu lagi melakukan verifikasi pada waktu dilakukan pembayaran triwulan pertama dan kedua,’’ bebernya.

Gerbang Unila

Dicap Lamban, Disdik Gerah BANDARLAMPUNG - Dinas Pendidikan (Disdik) Lampung gerah dicap lamban dalam pengumpulan data penerima bantuan siswa miskin (BSM). Untuk itu, Disdik menjemput bola dengan mendata penerima BSM langsung ke sekolah. Ini dilakukan sebelum deadline dari Kemendikbud pada 15 Desember mendatang. Salah satu Disdik yang jemput bola ke sekolah adalah Disdik Bandarlampung. Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdik Bandarlampung Tatang Setiadi mengatakan, pihaknya sudah berupaya menyosialisasikan dan mendata penerima BSM. ’’Kami berupaya memvalidkan data penerima BSM dengan cara jemput bola ke sekolah,” terangnya kemarin. Tatang juga menepis tudingan jika pihaknya lamban dalam pengumpulan data penerima BSM. Sementara Kasi SMA Disdik Bandarlampung Krisna Laksamana mengatakan, pihaknya bahkan sudah menggelar rapat koordinasi dengan Direktorat Pendidikan Menengah Kemendikbud pada 21-22 September lalu. ’’Hasilnya, untuk kuota SMA penerima BSM yakni 6.848 siswa seBandarlampung,” tukasnya kemarin. Guna mengejar data penerima BSM, imbuh dia, Disdik juga secara manual mendatangi sekolah dan meminta data secara online via e-mail. Untuk diketahui, atas lambannya pengiriman data penyaluran BSM, Kemendikbud mengirimkan surat edaran kepada Disdik se-Indonesia, termasuk Lampung, agar menyelesaikan pendataan penerima BSM paling lambat 15 Desember mendatang. (gie/p6/c1/gus)

R b ik kerja Rubrik sama Radar Lampung dengan Universitas Lampung (Unila) ini khusus menyampaikan informasiinformasi penting di lingkungan Unila. Kirimkan saran dan kritik melalui SMS ke 081272349777 Prof. Dr. Ir. Sugeng P. Harianto, M.S. Email humas@ REKTOR UNILA unila.ac.id

Besok, Batas Akhir Makalah Satek V

FOTO IST

UNJUK KEBOLEHAN Beberapa siswa TK Al-Kautsar Bandarlampung unjuk kebolehan dalam latihan drumband di sekolah setempat beberapa waktu lalu.

Wakil Lampung Lolos Final Aksioma dan KSM BANDARLAMPUNG – Wakil Lampung dalam Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional 2013 di Malang, Jawa Timur, cukup membanggakan. Terbukti, selain menjuarai beberapa tangkai perlombaan, beberapa madrasah juga melaju ke babak final hingga penutupan Aksioma hari ini (9/11). Kepala Subbagian Informasi

Ria mengungkapkan, tidak mungkin terjadi penyelewengan dana sertifikasi karena dari kas daerah, dana langsung disalurkan ke rekening guru tersebut. ’’Ini berlaku untuk guru yang namanya telah tercantum dalam SK pencairan dana sertifikasi,” tegasnya. Terpisah, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Lampung Hj. Djuariati membenarkan sertifikasi memang tidak dihapuskan. ’’Guru yang sudah lulus UKG akan menjadi peserta PLPG tahun 2014,” terangnya kemarin. (gie/p6/c1/ade)

dan Humas Kanwil Kemenag Lampung Istutiningsih mengatakan, untuk cabang KSM, Lampung meraih 1 perak dan 8 perunggu. Rinciannya, satu perak dari MTs Pringsewu. Sedangkan 8 perunggu dari MIN Tanjungraya Lambar, MI Miftahul Huda Lambar, MTsN 2 Bandarlampung sebanyak 2 medali, MAN Pringsewu, MAN 2 Bandarlampung, dan MAN 2 Metro sebanyak 2 medali.

Tuti –sapaan akrabnya– melanjutkan, untuk wakil Lampung yang lolos ke final yakni lari 100 meter MI putra, lari 100 meter MTs putra dari MTs Mambaul Ulum Tulangbawang, dan lari 100 meter putri dari MTs Al-Furqon Waytenong, Lambar. Sebelumnya, Kakanwil Kemenag Lampung Drs. Hi. Abdurrahman, M.Ag. dalam pengarahannya berharap prestasi yang telah diraih

pada tahun sebelumnya dipertahankan. ’’Kalau bisa ditingkatkan,’’ pintanya. Saat itu, Lampung memperoleh 1 medali perak dari biologi serta 6 perunggu dari kimia dan matematika. ’’Perolehan medali itu sejatinya membuktikan siswa madrasah di Lampung mampu bersaing dengan provinsi lain,’’ tambahnya. Di sinilah, menurut dia, peran pelatih sangat utama. Mereka harus

dapat membuat peserta nyaman sehingga tampil maksimal. ’’Sebab kalau ditekan dan dipaksa, biasanya peserta lomba tidak dapat konsentrasi dan tak bisa meraih seperti yang kita harapkan,’’ ungkapnya. Terakhir, ia meminta peserta menjaga sportivitas, kedisiplinan, dan kekompakan. Termasuk pola makan dan istirahat sehingga pada waktu lomba dapat tampil prima. (gie/p6/c1/gus)

DALAM rangka penyebarluasan informasi hasil penelitian bidang sains dan teknologi di kalangan peneliti dan masyarakat luas, untuk kali kelimanya Lembaga Penelitian Universitas Lampung (LP Unila) menggelar Seminar Nasional Sains dan Teknologi (Satek) V yang akan digelar di Hotel Emersia pada 19-20 November mendatang. Sedangkan batas akhir pengiriman makalah besok (10/11). Ketua LP Unila Dr. Eng. Admi Syarif menjelaskan, Satek V bertemakan Sains dan Teknologi untuk Indonesia Hijau. Seminar nasional ini, lanjut dia, akan diikuti dosen perguruan tinggi swasta (PTS) dan perguruan tinggi negeri (PTN) yang berasal dari seluruh Indonesia. Dan, pengumpulan makalah bisa dilakukan secara online. ’’Saat ini telah terkumpul 150 makalah. Unila sendiri sudah mengirimkan 25 makalah dosen yang didominasi dosen fakultas pertanian (FP), fakultas teknik (FT), serta fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam (FMIPA). Bagi yang ingin mengikuti seminar nasional ini bisa mengirimkan makalah secara online hingga Minggu (10/11),” ujar Admi kemarin. Satek V, lanjut Admi, rencananya dibuka langsung Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Sugeng P. Harianto dan dihadiri Deputi Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal Suprayoga Hadi sebagai salah satu pembicara dalam seminar. ’’Kegiatan dilanjutkan pemaparan makalah yang sudah dikirimkan peserta. Selain itu, output dari seminar ini, Unila akan menerbitkan prosiding yang berisi makalah-makalah yang dipresentasikan pada seminar. Diharapkan, ke depan Unila dapat berperan mendiseminasikan hasil-hasil penelitian terkini dari penelitian-penelitian di seluruh Indonesia,” pungkasnya. (gie/p6/c1/ gus)


LAMPUNG RAYA

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

17

Lampura-Tuba-Tuba Barat-Mesuji

PERIZINAN

Lapak Singkong Diperketat PEMKAB Tulangbawang Barat memperketat pengeluaran izin pembuatan lapak singkong di kabupaten setempat. Hal ini menyusul banyak rusaknya jalan kabupaten karena kendaraan milik pengusaha lapak singkong yang melebihi tonase. Larangan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Bupati Tuba Barat Nomor 600/92/SE/TBB/X/2013. Dalam surat edaran itu disebutkan, pemberian izin pendirian lapak singkong saat ini dibatasi hanya berada di jalan provinsi. Selain itu, lapak singkong diizinkan beroperasi dan berdiri jika mematuhi batas tonase sesuai kapasitas jalan, yakni jalan kabupaten maksimal 6 ton dan jalan provinsi 8 ton. Surat edaran itu juga sekaligus menjawab keluhan masyarakat terkait kendaraan ekspedisi pengangkut singkong dari lapak menuju pabrik yang banyak kedapatan melebihi tonase. ’’Sekarang bisa Anda lihat, banyak truk milik lapak yang mengangkut singkong melebihi tonase. Inilah yang menyebabkan cepat rusaknya jalan di kabupaten ini,” ujar salah seorang warga Kecamatan Tuba Tengah yang enggan disebutkan namanya kemarin. Sementara Ikwanuddin, Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pada Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Tuba Barat, mengaku belum mengetahui mengenai surat edaran tersebut. ’’Belum ada. Mungkin belum sampai ke saya tembusannya,” singkatnya. (fei/rnn/c1/adi)

AIR BERSIH

Konsumsi Air Hujan SULITNYA mendapatkan air bersih memaksa masyarakat Rawajitu Utara, Mesuji, mengonsumsi air hujan. Air di kecamatan setempat terasa payau sehingga tidak layak dikonsumsi. Wandi, warga setempat, mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, selain menampung air hujan, masyarakat juga kebanyakan membeli atau mengambil air ke desa-desa tetangga yang airnya layak dikonsumsi. ’’Kalau musim kemarau, warga kebanyakan membeli atau mencari air di desa-desa tetangga yang jaraknya hingga puluhan kilometer. Namun jika kondisi hujan, masyarakat mayoritas menampung air hujan. Hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” jelasnya. Diran, warga lainnya, mengungkapkan, kondisi ini sudah berlangsung sejak lama. Dan bila kondisi ini berlangsung lebih lama lagi, dikhawatirkan berdampak terhadap kesehatan. ’’Kami terpaksa menggunakan air hujan daripada mengonsumsi air di sini yang terasa payau. Air yang ada di sini hanya bisa digunakan untuk mandi, cuci, kakus (MCK). Namun untuk selebihnya tidak bisa karena terasa payau,” ungkapnya. Karena itulah, warga mendesak pemkab mencarikan solusi. ’’Kami harapkan perusahaan air minum daerah bisa segera hadir di masyarakat. Hal itu tak lain agar masyarakat tidak sering hijrah, baik waktu kemarau maupun penghujan,” tuturnya. (san/rnn/p1/c1/adi)

Ratusan KSB Belum Terdaftar

TINJAU: Asisten II Pemkab Lampura Azwar Yazid saat meninjau lokasi jembatan gantung di Kelurahan Kotaalam, Kecamatan Kotabumi Selatan. FOTO RIDUAN/RNN

2014, Jembatan Gantung DIPERMANENKAN

KOTABUMI - Pemkab Lampung Utara akhirnya turun melakukan peninjauan ke lokasi jembatan gantung yang ada di Kelurahan Kotaalam, Kecamatan Kotabumi Selatan, kemarin. Peninjauan dilakukan Asisten II Azwar Yazid, M.M. didampingi Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum (PU) Hendri Us., Sekretaris Bappeda Budi Tamin, serta Kasi Pembangunan dan Pemeliharaan Jembatan Dinas PU Indi. Tak hanya memantau lokasi jembatan yang kondisinya cukup memprihatinkan, asisten II beserta rombongan juga menyusuri jalan setapak yang kerap dilalui para pelajar yang ada di wilayah RT 5/RW 3 Skalabrak, Kelurahan Kotaalam. Mereka menempuh jarak sekitar 500 meter melalui areal perkebunan karet warga, pemakaman, kemudian tembok belakang MTs Negeri 1 Kotabumi dan keluar di pekarangan rumah warga. Azwar menyatakan, untuk perubahan dari jembatan gantung menjadi permanen akan dilaksanakan pembangunannya tahun depan.

’’Pembangunan jembatan permanen akan diprogramkan tahun 2014. Sedangkan untuk pembangunan akses jalan menuju lokasi sekolah yang ada di RT 5/RW3 akan diprogramkan tahun 2015,” kata dia. Meski demikian, jembatan maupun jalan yang akan dibangun tersebut hanya diperuntukkan kendaraan roda dua dan pejalan kaki. ’’Untuk akses jalan akan dibangun paving block. Mengingat jalan itu melintasi dua areal perkebunan, kemudian pemakaman dan rumah warga serta tembok belakang MTsN 1 milik Kementerian Agama. Jadi jika akan dibangun jalan hotmix, tentu harus ada pembebasan lahan,” ujarnya seraya memastikan pembangunan jembatan akan dialokasikan melalui APBD 2014. Ditanya masih adakah waktu untuk memasukkan program tersebut dalam APBD tahun 2014, sementara draf KUAPPAS sudah dibahas di Panitia Anggaran DPRD Lampura, Azwar menyatakan secara

teknis memasukkan program pembangunan jembatan tersebut akan dilakukan Bappeda dan Dinas PU sebagai leading sector-nya. ’’Masih bisa kita masukkan. Nanti Dinas PU dan Bappeda yang melakukan koordinasi secara teknisnya,” pungkas dia. Ditambahkan Indi, untuk pembangunan jembatan yang hanya bisa dilintasi oleh kendaraan roda dua dan pejalan kaki diperkirakan menelan dana Rp200 juta-Rp300 juta. ’’Dalam pembangunan jembatan ini akan memperhitungkan aspek ekonomis dan asas manfaatnya bagi masyarakat dan pemerintah daerah. Diperkirakan memakan anggaran Rp200 juta hingga Rp300 juta,” papar Indi. Sementara Helmi Effendy, warga RT 3/ RW 5 Kelurahan Kotaalam, mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian pemkab. ’’Kami pasti tidak merasa khawatir lagi jika jembatan ini dipermanenkan. Mudahmudahan program ini segera terwujud,” ujarnya di lokasi. (rid/rnn/p1/c1/adi)

TUBA BARAT - Ratusan kelompok seni dan budaya (KSB) di Tulangbawang Barat belum terdaftar di Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) setempat. Pihak dinas mengaku tak bisa berbuat banyak lantaran payung hukum seperti perda yang mengatur terkait hal itu hingga kini belum ada. Kabid Kebudayaan Disparbudpora Tuba Barat Suwardi menyatakan, dari 200-an KSB yang terdata, baru sekitar 50 yang sudah melakukan registrasi. ’’Sedangkan yang lainnya belum. Tetapi sudah masuk dalam data kita. Yang sudah melakukan registrasi didominasi seni kuda lumping dan organ tunggal. Kemudian ada beberapa lainnya yaitu reog, tari kreasi, serta pencak silat,” ungkapnya kemarin. Menurut dia, banyaknya KSB yang belum melakukan registrasi itu kemungkinan besar disebabkan rendahnya tingkat kesadaran para pengurus KSB akan pentingnya tertib administrasi. ’’Kita sendiri belum bisa berbuat banyak untuk mengatasi hal tersebut, karena sampai saat ini belum ada perda tentang itu. Sehingga yang bisa kami lakukan sebatas mengimbau. Sebab, kami belum bisa menekankan itu kepada mereka mengingat belum memiliki payung hukum tersebut,” tukasnya. Imbauan itu, kata dia, sering disampaikan melalui kelompok yang sudah mendaftarkan diri dan teregistrasi sebelumnya. Dengan harapan hal itu dapat disampaikan pula ke KSB lainnya. ’’Tetapi sebenarnya, demi tertibnya administrasi atas keberadaan kelompoknya, registrasi itu sangat baik dilakukan, supaya ketika mereka tampil di luar daerah sudah memiliki pegangan resmi. Pernah kami mendengar informasi bahwa ada yang tampil di luar kabupaten, tetapi ketika ditanyakan mengenai hal itu (registrasi) tidak bisa menjawab,” bebernya. Disinggung mengenai rencana pengajuan raperda tentang itu, Suwardi menyatakan belum ada wacana ke arah sana. Sebab, pihaknya saat ini fokus melakukan pembenahan dan pendataan dahulu secara bertahap di masing-masing KSB yang ada. ’’Kalau raperda, kami belum ada rencana. Karena saat ini kami terus melakukan pembenahan. Ya mungkin tahun 2014 baru kami rancang untuk diajukan di tahun 2015,” pungkasnya. (fei/ded/rnn/c1/adi)

Anggarkan Rp140 Juta untuk Pilkades MESUJI - Tujuh calon kepala desa (Kades) di tujuh kecamatan se-Mesuji dapat bernapas lega. Pasalnya, pemkab telah menganggarkan dana Rp140 juta untuk pemilihan kepala desa (pilkades). Langkah itu tak lain untuk meringankan beban calon Kades yang akan ikut pemilihan. Bupati Mesuji Khamami mengatakan, ada tujuh desa yang akan dibantu dalam pilkades di tahun anggaran 2013. Ketujuh desa ini masing-masing mendapatkan kucuran dana Rp20 juta, yang telah dianggarkan

di APBDP, sesuai dana yang telah disahkan DPRD Mesuji. ’’Kalau dana pemilihan Kades ini dibebankan kepada calon akan terasa berat. Mengingat anggaran pilkades cukup besar. Untuk itu, pemkab mengucurkan dana sebesar Rp140 juta untuk tujuh desa,” jelasnya. Dikatakan bupati, penganggaran terhadap tujuh desa ini tentunya merupakan tahap awal di tahun 2013. Karena ketujuh desa itulah yang dalam waktu dekat ini akan melakukan pemilihan kepala desa sehingga di

tahun anggaran perubahan telah dianggarkan. ’’Kucuran dana Rp20 juta per desa yang akan menyelenggarakan pilkades ini tak lain untuk administrasi, baik persiapan panitia hingga dana penyediaan kertas suara saat pemilihan dan keperluan lainnya. Sehingga tidak membebani calon kepala desa,” ujarnya. Dipaparkan bupati, penganggaran dana terhadap pilkades ini tentunya tak terlepas dari UU Nomor 22 Tahun 2013 tentang Tata Cara Pemilihan Kepala Daerah. Di sana telah dijelaskan

tata cara dan teknis serta sistem pemilihan kepala desa. ’’Dianggarkannya dana Rp140 juta untuk pilkades di tujuh desa tentunya merupakan tahap awal. Selain itu juga ketujuh desa ini masa tugas kepala desa akan berakhir ditahun ini sehingga di APBDP kita anggarkan sedangkan sisa desa yang lain akan dianggarkan ditahun berikutnya. Hal ini mengigat desa-desa lainnya masih lama mengelar pilkades,”paparnya. Bupati juga menjelaskan, bila seluruh desa ini dianggarkan

di APBD-P juga tidak maksimal apalagi jangka waktu hanya dua bulan serta masa jabatan kepala desa masih lama. Untuk itu, penganggarannya akan dilakukan secara bertahap. “Dari 105 desa di tujuh kecamatan baru tujuh desa. Untuk itu dilakukan bertahap apalagi masa menjabatnya kepala desa masih panjang,” katanya. Bupati menambahkan, selain kucuran dana Rp20 juta perdesa, juga telah dianggarkan sebanyak 105 motor untuk kades dan ditambah 7 motor untuk sekretaris camat. (fei/san/rnn/p1/c1/adi)

FOTO IST

BUTUH PERHATIAN: Satu-satunya masjid yang berada di Kampung Karyajitu Abadi, Kecamatan Rawajitu Timur, yang perlu mendapat perhatian dari Pemkab Tulangbawang.


LAMPUNG RAYA

18

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

Lambar-Pesisir Barat-Waykanan

Motor Sudah Bisa Melintas

Buat Jalan Darurat, Gerus Tebing TNBBS

BALIKBUKIT – Jalan darurat yang dibuat pasca amblasnya jalan penghubung Liwa–Krui, tepatnya di Kilometer 20 Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), mulai kemarin bisa dilintasi sepeda motor. Namun, untuk kendaraan roda empat, kemungkinan baru bisa melintas seminggu ke depan. Sebab, masih akan dilakukan pengerasan jalan. ’’Dari pantauan kami, untuk kendaraan roda empat seminggu ke depan baru bisa melintas. Untuk roda enam dan seterusnya tidak

diperbolehkan. Mengingat kondisi aspal sudah banyak retak,” kata Kapolres Lampung Barat AKBP Eko Widianto, S.I.K. saat memantau proses pembuatan jalan darurat kemarin. Untuk membuat jalan darurat itu, satu alat berat dikerahkan satker Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN) Wilayah II yang meliputi Lambar dan Pesisir Barat. Jalan darurat dibuat dengan menggerus pinggiran tebing TNBBS. Pembuatan jalan darurat sebagai tindak lanjut dari hasil pertemuan antara beberapa lintas sektoral di kabupaten setempat yang dihadiri pihak TNBBS. Sesuai hasil pertemuan, pembangunan jalan darurat

harus dipercepat karena terputusnya akses jalan telah mengganggu arus transportasi. ’’Sebelumnya, kita mengharapkan agar jalan dipindahkan dengan membelah TNBBS. Namun, karena izin yang didapat hanya pemindahan trase jalan, maka hanya dilakukan pengerukan dan dilakukan penimbunan di titik jalan yang amblas,” ungkap Eko. Padahal, kata dia, pihaknya mengharapkan agar diizinkan untuk membelah TNBBS sepanjang 300 meter. Mengingat kondisi aspal yang tersisa sekarang ini berkisar 100 meter mengkhawatirkan. ’’Ada sekitar 100 meter yang sudah retak. Kita mengharapkan

agar jalan itu dipindah dengan cara membelah TNBBS sepanjang 300 meter. Namun, pihak TNBBS tidak memberikan izin,” ujarnya. Sementara itu, kondisi jalan lintas barat (jalinbar) di Kabupaten Pesisir Barat, tepatnya di Pekon Pemancar, Kecamatan Pesisir Utara, pascamusibah tanah longsor yang menggerus badan jalan beberapa waktu lalu, kini mengancam keselamatan pengendara yang melintas di jalur penghubung Bengkulu tersebut. Pasalnya, badan jalan yang terancam amblas itu sudah terkikis hampir separo. Sehingga jika tidak segera ditanggulangi kikisan badan jalan akan terus merambat. Salah seorang warga setempat,

AYO BERSIH-BERSIH!

Anto, mengatakan bahwa kondisi badan jalan nasional penghubung Provinsi Bengkulu yang pernah mengalami longsor dan amblas di pinggiran jalan itu kini sangat berbahaya. Karena selain tidak adanya besi pembatas jalan, kondisi amblasnya pinggiran itu langsung berbatasan dengan jurang ke laut. ’’Pinggiran badan jalan yang mengalami pengikisan ini sudah cukup lama. Badan jalannya berbatasan dengan laut. Sedangkan kedalaman antara jalan raya dengan laut itu sekitar 40 meter lebih. Selain itu, untuk pembatasnya hanya menggunakan tumpukan tanah yang merupakan sisa material tanah longsor,” ungkapnya. (rnn/p2/c2/wan)

FOTO LUSIANA /RNN

BERSIHKAN RUMPUT: Salah seorang warga Waymengaku ikut membantu meringankan tugas BLHKP membersihkan rumput di lingkungan Pemkab Lampung Barat.

KEAGAMAAN

Diminta Berperan Aktif PEMKAB Waykanan terus berupaya meningkatkan Ketakwaan dan keimanan masyarakatnya melalui berbagai kegiatan. Di antaranya dengan memberikan penghasilan tambahan berupa insentif bagi guru ngaji secara bergilir di setiap kecamatan. Mereka juga diberikan berbagai pelatihan. Tujuannya agar para guru mengaji itu dapat memberikan teladan dan ilmunya kepada masyarakat serta meningkatkan mutu guru mengaji. ’’Kita akui atau tidak, sekarang ini para generasi muda kita lebih menggandrungi budaya luar daripada budaya Indonesia,” ujar Wakil Bupati Waykanan Dr. Hi. Raden Nasution, M.M. kemarin. Padahal, kata dia, belum tentu budaya itu sesuai dengan budaya kita. Ironisnya lagi, masuknya budaya itu kepada para pemuda tanpa ada penyaringan yang baik. Sehingga dapat menyebabkan hal-hal yang buruk bagi generasi kita pada masa mendatang. ’’Karena itu, Pemkab Waykanan memberikan dorongan kepada para guru mengaji yang ada di kampung-kampung agar dapat berperan aktif dalam memberikan petunjuk dan arahan kepada para muridnya,” urai Raden. (sah/p2/c2/wan)

PSHT

Wisuda 387 Warga Baru FOTO NOPRI/RNN

BUAT JALAN DARURAT: Kapolres Lampung Barat AKBP Eko Widianto, S.I.K. saat memantau pembuatan jalan darurat penghubung Liwa–Krui, tepatnya di Kilometer 20 TNBBS, kemarin.

Harga Cabai Merah Tembus Rp70 Ribu/Kg PESISIR TENGAH – Terputusnya jalur Liwa–Krui berimbas pada harga kebutuhan pokok di Kabupaten Pesisir Barat. Harga cabai merah bahkan melonjak hingga Rp70 ribu/kg. Kondisi ini terjadi akibat berkurangnya pasokan pedagang dari Kabupaten Lampung Barat. Kenaikan harga cabai sudah berlangsung sejak dua hari terakhir. Akibatnya, sebagian pedagang

eceran seperti di Pasar Waybatu, Kecamatan Pesisir Tengah, enggan membeli lebih banyak di wilayah lain karena khawatir tak bisa terjual di pasaran. Narsih, pedagang di Pasar Waybatu, mengatakan, untuk harga cabai merah sekarang ini memang mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Jika sebelumnya berkisar Rp50 ribu–Rp60 ribu/kg, kini

mencapai Rp70 ribu/kg. ’’Hal ini dikarenakan berbagai faktor. Salah satunya kondisi jalur Liwa–Krui yang putus sehingga pasokan cabai merah dari Lambar tidak bisa diangkut ke Pesisir Barat,” ujarnya. Bahkan, menurut Narsih, bukan hanya cabai merah yang mahal. Harga sayuran pun sudah merangkak naik. Selain itu, sayuran sudah

mulai langka. ’’Karena rata-rata sayuran di wilayah pesisir ini dipasok dari Liwa. Kalau kita ambil dari daerah Tanggamus, jelas biaya yang harus dikeluarkan cukup besar dibanding dari Liwa,” katanya. Mita, warga Pasar Krui, mengaku kaget harga cabai merah di Pasar Waybatu melonjak tajam. Dia mengaku terpaksa mengurangi

porsi membeli cabai dari jumlah biasanya. ’’Saya biasa membeli cabai paling sedikit 2 kilogram untuk beberapa hari untuk kebutuhan rumah tangga. Namun, dengan harga yang melambung terpaksa dikurangi. Kami juga belum tahu kapan harga komoditas cabai merah dan sayuran ini kembali stabil,” ungkapnya. (rnn/p2/c2/wan)

ORGANISASI pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Lampung Barat tahun ini mewisuda sebanyak 387 warga baru. Pelaksanaan wisuda dilakukan di dua lokasi. Yakni Serdang, Kelurahan Waymengaku, Kecamatan Balikbukit, Lambar, dan di Pekon Pemerihan, Kecamatan Bengkunatbelimbing, Pesisir Barat. Ketua PSHT Cabang Lambar Sugiono Adi Pranoto mengatakan, pelaksanaan di Pesisir Barat dilakukan pada Jumat (8/11) malam dengan mewisuda 70 calon warga baru. ’’Sementara 317 di antaranya diwisuda di Lambar, Sabtu (9/11) malam,” ujar pendiri pertama PSHT di Lampung ini kepada Radar Lambar (grup Radar Lampung) kemarin. Sugiono menyebutkan, jumlah warga PSHT secara keseluruhan di kabupaten ini hingga sekarang tidak kurang dari 6 ribu orang. Tersebar di Pesisir Barat maupun Lambar. ’’Belum termasuk warga PSHT pendatang yang diwisuda di luar Lambar, namun menetap di sini,” katanya. (rnn/p2/c2/wan)


LAMPUNG RAYA

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

NARKOBA

Bekuk 2 Kurir SS SATNARKOBA Polres Lampung Timur berhasil membekuk dua warga Kecamatan Batangharinuban, yaitu Melfan Ansori (20), warga Desa Gedungdalem, dan Syahril (22), warga Desa Gunungtiga, pada Rabu (6/11) sore. Penangkapan kedua tersangka yang diduga sebagai kurir narkoba jenis sabu-sabu (SS) ini dilakukan dengan teknik undercover buy. Menurut Kasatnarkoba Polres Lamtim Iptu Zaldy Kurniawan, dari tangan pelaku, pihaknya menyita satu bungkus plastik bening berisikan kristal putih yang diduga SS sebagai barang bukti. ’’Dalam undercover buy, anggota kami membeli sabu dengan pelaku. Kemudian pelaku menyerahkan SS. Selanjutnya langsung dilakukan penangkapan,” ujar Zaldy kepada Radar Lampung kemarin (8/11). Dia menegaskan, kedua tersangka dijerat dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. ’’Jika terbukti, keduanya dapat dikenai hukuman minimal 4 tahun penjara,” tandasnya. (ung/p1/c1/fik)

19

Lamteng-Metro-Lamtim

Oknum Guru Diduga Pungli Siswa Berkedok Kotak Amal dan Denda SUKADANA - Permasalahan guru di Lampung Timur terus bermunculan. Sebelumnya Cnd, guru SDN 2 Desa Lehan, Kecamatan Bumiagung, menegur dengan tidak mendidik hingga menyebabkan seorang siswanya, Nga (12), meninggal gantung diri.

Kini giliran Nurlela, guru di SDN 1 Muarajaya, Kecamatan Sukadana, Lamtim, diduga melakukan pungutan liar (pungli) berkedok kotak amal dan denda jika setiap muridnya tidak bisa mengerjakan pekerjaan rumah (PR). Nurlela menarik uang sebesar Rp500 per soal sebagai sanksi denda bagi siswa yang lalai mengerjakan PR. Salah satu wali murid yang tidak mau namanya dikorankan menyesalkan perbuatan Nurlela.

Menurutnya, tindakan oknum guru ini merupakan bentuk pemaksaan yang telah merugikan siswa dan wali murid. Dijelaskan, pungli terselubung itu dikenakan Nurlela yang mengajar pelajaran agama Islam kepada para siswa kelas 4-6 SD. ’’Kami tentu merasa sangat dirugikan atas ulah oknum guru tersebut. Sebab akibat dari sanksi itu, tak sedikit siswa dan siswi yang takut saat akan menghadapi mata

pelajaran agama tersebut,” ujarnya kemarin. Hal ini pun diamini beberapa siswa yang merupakan anak didik Nurlela. ’’Ya Pak, saya tidak bisa mengerjakan PR dan saya didenda oleh Ibu Nurlela sebesar Rp500 per soal. Jadi kalau soal yang diberikan salah empat, maka dendanya pun bertambah menjadi Rp2.000,” kata beberapa siswa kelas 4 dan 5. Sementara itu, Nurlela mengakui

Wabup Santuni Nenek Buta

PENERTIBAN

Satpol PP Angkut Gerobak PKL SATUAN Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Metro akhirnya mengambil langkah tegas terhadap para pedagang kaki lima (PKL) di sekitar Lapangan Samber kemarin (8/11). Langkah ini terpaksa diambil karena para PKL dianggap tidak mengindahkan batas waktu yang telah diberikan. Dalam operasi penertiban tersebut, petugas Satpol PP mengangkut gerobak pedagang yang berada di luar lokasi yang telah ditetapkan. Kasi Ops. Satpol PP Kota Metro Jose Sarmento menjelaskan, sejak Rabu (6/11) lalu pedagang sudah diingatkan agar segera membereskan sendiri dagangannya. Namun hingga kemarin, para pedagang tetap membandel. ’’Kami terpaksa menertibkan pedagang yang menggelar lapak di luar lokasi yang diizinkan,” tegas Jose mewakili Kepala Kantor Satpol PP Metro M. Juhri. Dilanjutkan, gerobak para pedagang diangkut ke kantor Satpol PP. Namun, ada juga yang langsung diantarkan ke rumah pedagang. ’’Dalam penertiban, kami tetap mengedepankan sikap humanis,” tuturnya. Pasca penertiban, dinas terkait akan melakukan penataan ulang pedagang di lapangan tersebut. ’’Seperti apa penataannya, nanti dibahas lagi,” ungkapnya. Diberitakan sebelumnya, Satpol PP Kota Metro kembali menggelar penertiban Lapangan Samber. Kali ini sasarannya para pedagang yang membuka lapak di sembarang tempat sehingga mengganggu ketertiban dan keindahan. Pada penertiban tersebut, Satpol PP masih memberi toleransi waktu kepada pedagang di sekitar Lapangan Samber sampai Jumat untuk membereskan sendiri barang dagangannya. Langkah ini dilakukan karena banyak pedagang di sekitar Lapangan Samber yang berjualan di sembarang lokasi. Selain itu, para pedagang juga tidak membersihkan lokasi yang mereka tempati. (wid/p1/c1/fik)

FOTO DWI PRIHANTONO

BANDEL: Para anggota Satpol PP Kota Metro menertibkan PKL di seputaran Lapangan Samber kemarin.

perbuatannya tersebut. ’’Memang benar ada uang denda, namun uang itu nantinya dimasukkan kotak amal. Memang tidak ada peraturan yang mengatur mengenai masalah denda tersebut. Ya kalau perbuatan saya ini sekiranya ada kesalahan,  saya minta maaf. Namun sebelumnya, saya juga sudah mengoordinasikan peraturan ini kepada para wali murid,” kata dia saat dikonfirmasi kemarin. (ung/p1/c1/fik)

FOTO RNN

PEDULI: Wabup Lamteng Mustafa saat menyambangi kediaman Basitah, Rabu (6/11) malam.

TERUSANNUNYAI - Wakil Bupati (Wabup) Lampung Tengah Hi. Mustafa membuktikan kepeduliannya terhadap kesulitan warga. Orang nomor dua di Kabupaten Lamteng ini memberi santunan kepada Nenek Basitah (70), warga Dusun I, Kampung Gunungbatin Baru, Kecamatan Terusannunyai, Rabu (6/11) malam. Basitah adalah nenek yang hidup sebatang kara di rumah yang sangat memprihatinkan. Penderitaan Basitah masih ditambah kebutaan yang menderanya sejak lama. Maka tidak heran jika kedatangan Mustafa yang juga menjabat ketua Kadin Provinsi Lampung ini disambut baik oleh Basitah dan tetangga sekitar rumahnya. Dari keterangan para tetangganya, Basitah sehari-hari hidup dengan mengandalkan belas kasihan kerabat dan para tetangga. ’’Sehari-hari, Nenek Basitah makan dari pemberian tetangga,” kata salah satu tetangga. ’’Penghasilannya hanya saat dia mendapat panggilan warga untuk memijit,” tambah warga lain. Mustafa yang dalam kunjungan itu didampingi Camat Terusannunyai Fathul Arifin, Ketua Permalat Terusannunyai Aris Wanto, dan Kakam Gunungbatin Baru Arwan mengatakan, pemberian santunan sebagai bentuk kepedulian Pemkab Lamteng terhadap warga yang kurang mampu. ’’Mari kita membantu sesama. Karena kita semua adalah saudara,” ajaknya. (rnn/p1/c1/fik)

Vonis Dinilai Terlalu Rendah, JPU Bakal Ajukan Banding BANDARLAMPUNG – Vonis Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Tanjungkarang terhadap perkara dugaan korupsi pembangunan Pasar Tejosari, Metro, dengan terdakwa Akhadun Syahbaniah (52) langsung menuai reaksi. Tim jaksa penuntut umum (JPU) Kota Metro menyatakan bakal mengajukan banding terhadap putusan majelis hakim Pengadilan Tipikor Tanjungkarang atas perkara itu. Sebab, vonis yang dijatuhkan dianggap terlalu ringan. Kepala Kejaksaan Negeri Metro Fransisca Juwariyah mengatakan,

vonis majelis hakim selama 20 bulan terhadap Akhadun Syahbaniah tidak sampai 2/3 dari tuntutan JPU, yaitu 4 tahun penjara. ’’Kami segera menyampaikan memori banding atas putusan tersebut,” ujar dia didampingi Kasipidsus Dadi Wahyudi di ruang kerjanya kemarin (8/11). Diberitakan sebelumnya, Pengadilan Tipikor Tanjungkarang menjatuhkan hukuman 20 bulan penjara kepada Akhadun Syahbaniah. Mantan Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian Kota Metro ini dinyatakan terbukti melakukan korupsi  pembangunan gedung

Pasar Tejoagung, Metro Timur, yang mengakibatkan negara dirugikan Rp265 juta dari Rp3,5 miliar yang dianggarkan. Majelis hakim menyatakan Akhadun terbukti melanggar pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 yang diubah dengan UU 20/2001 tentang Pemberantasan Tipikor jo pasal 64 KUHP sebagaimana dalam dakwaan subsider. Vonis ini jauh lebih ringan dibandingkan tuntutan JPU, yakni 4 tahun penjara, denda Rp50 juta subsider 3 bulan, serta membayar uang pengganti Rp265 juta subsider

1 tahun 8 bulan penjara. Terdakwa sendiri tidak diwajibkan membayar uang pengganti karena kerugian yang terjadi tak dinikmatinya. Diketahui, pembangunan pasar ini mendapatkan dana bantuan dari pemerintah pusat senilai Rp5 miliar pada 2011. Namun untuk pembangunan pasar ini hanya dialokasikan Rp3,5 miliar. Akhadun sebelumnya didak-wa telah melakukan beberapa kesalahan prosedur, termasuk pengerjaan bangunan yang tidak sesuai spesifikasi. Sehingga dari nilai pekerjaan Rp5 miliar, terjadi kerugian negara total Rp265,8 juta.

Terdakwa selaku pejabat pembuat komitmen (PPK) juga tidak menetapkan tim pendukung dari unsur Kementerian Pekerjaan Umum. Hal tersebut melanggar pasal 11 ayat 1 Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa. Lalu berdasarkan permeriksaan tim ahli dari Bina Marga Lampung pada tanggal 6 September 2012, pekerjaan tak sesuai spesifikasi teknis yang diharapkan. Hal itu dapat berakibat tidak kuatnya dalam menahan beban di atasnya sehingga merugikan negara Rp126,7 juta. (wid/p1/c1/fik)


LAMPUNG RAYA

20

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

Lamsel-Tanggamus-Pringsewu-Pesawaran

Pendapatan Tanggamus Diproyeksi Rp1,015 T FOTO IDHO/RNN

SIMULASI: Tim Desa Tangguh Bencana Desa Sukaraja dan Banding, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, saat menggelar simulasi bencana letusan Gunung Anak Krakatau (GAK) yang berpotensi gempa bumi dan tsunami di Lapangan Desa Sukaraja, Kamis (7/11). Tampak para relawan tengah mengevakuasi para korban bencana ke tenda pengungsian.

KOTAAGUNG – Pendapatan daerah Tanggamus pada draf Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) RAPBD 2014 diproyeksikan sebesar Rp1,015 triliun lebih. Meliputi pendapatan asli daerah (PAD) Rp35 miliar, dana perimbangan Rp801,426 miliar lebih, dan lain–lain pendapatan yang sah Rp179,019 miliar lebih. Proyeksi itu disampaikan Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan saat menyampaikan

draf Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan PPAS RAPBD 2014 dalam rapat paripurna DPRD Tanggamus kemarin. Untuk belanja, bupati memaparkan anggaran belanja yang tercantum dalam PPAS direncanakan Rp1,075 triliun lebih. Terdiri atas belanja tidak langsung Rp568, 459 miliar lebih dan belanja langsung Rp507,080 miliar lebih. Dari komposisi pendapatan dan belanja daerah itu, maka

terdapat defisit anggaran Rp60.093.379.265,29. Namun, defisit itu dapat ditutupi dengan penerimaan pembiayaan daerah Rp85.369.766.668,98. Diproyeksikan dari Silpa sebesar Rp24.980.589.632,65 dan penerimaan pinjaman daerah Rp60.389.177.036,33. Sementara pengeluaran pembiayaan daerah Rp25.276.387.403,69. “Sehingga komposisi RAPBD 2014 menganut sistem anggaran

berimbang,” kata Bambang. Diterangkannya, PPAS RAPBD 2014 merupakan rancangan program prioritas dan patokan batas maksimal anggaran yang diberikan kepada SKPD untuk setiap program. Itu sebagai acuan dalam penyusunan RKA-SKPD sebelum disepakati dengan DPRD. “Dalam penyusunan PPAS mengacu kepada kebijakan umum APBD yang selanjutnya dijadikan bahan pembahasan

PERTANIAN

Prioritaskan Jalan Poros

Diimbau Serempak Tanam SEBAGAI upaya meminimalisasi serangan hama, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Pesawaran mengimbau petani serempak menanam padi pada musim rendeng kali ini. “Kita imbau agar para petani dapat secara serempak menanam padi pada musim rendeng ini guna menekan serangan hama,” kata Kadistannak Pesawaran Ir. Lukmansyah melalui Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Ir. Budi Wirawan. Dijelaskan Budi, pada musim tanam yang kali ketiganya ini diperkirakan masa panen dimulai sekitar Februari 2014. Selain itu, sebanyak 300 ton benih bersubsidi yang merupakan bantuan dari pusat disediakan kepada para petani. “Jadi benih bersubsidi yang disediakan kepada para petani sebanyak 300 ton ini untuk harga per kilogramnya yakni Rp2.020. Harga ini jauh lebih terjangkau dibanding nonsubsidi,” ujar Budi. Benih sebanyak 300 ton itu, kata Budi, dengan jenis di antaranya Cierang, Impari 10, Impari 13, dan Ciliwiung yang diperkirakan mampu menanami lahan seluas 12.000 hektare. “Hal ini bergantung permintaan petani dan produsen benih, yakni PT Pertani dan SHS. Kini benih masih tersedia. Di mana, maksimal petani bisa membeli benih bersubsidi itu sebanyak 25 kg. Di mana, para petani nantinya bisa mengusulkan ke UPT masing-masing kecamatan untuk memperoleh benih itu,” ungkapnya. (ozi/p1/c2/adi)

HARI GURU

Gelar Berbagai Perlombaan MENYAMBUT Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT Ke-68 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) akan digelar beragam perlombaan olahraga serta kesenian. Perlombaan yang diikuti sekolah se-Kabupaten Pesawaran itu nantinya dipusatkan di halaman Kantor Bupati, Dusun Binong, Desa Waylayap, Kecamatan Gedongtataan. “Rencananya, peringatan HGN dan HUT PGRI dilaksanakan pada 26 November 2013. Seminggu sebelumnya, kita akan menggelar beragam perlombaan olahraga dan kesenian,” kata Ketua Panitia Peringatan HGN dan HUT PGRI Harun Al Rasyid di sela rapat persiapan peringatan HGN dan HUT PGRI di SMPN 1 Gedongtataan kemarin. Dikatakan Harun, usai pelaksanaan upacara HGN dan HUT PGRI, pihaknya juga akan menggelar sarasehan yang diikuti 30 guru perwakilan masing-masing kecamatan. “Usai upacara, kita ada acara sarasehan. Kegiatan ini didukung penuh oleh seluruh guru di Pesawaran,” ujarnya. Dalam rapat musyawarah kerja yang dihadiri perwakilan pengurus cabang PGRI, MKKS, dan K3S se-Pesawaran itu juga membahas beberapa cabang olahraga serta jenis kesenian yang nantinya diperlombakan. “Di antaranya tarik tambang dan ketangkasan bersepeda. Untuk kesenian, yakni paduan suara dan tari. Kalau kepanitiaan sudah kita bentuk beberapa waktu lalu,” ungkapnya. (ozi/p1/c2/adi)

antara eksekutif dan legislatif untuk kemudian disepakati dalam bentuk nota kesepakatan tentang PPAS 2014,” ungkap bupati. Paripurna itu sendiri dihadiri 29 orang anggota dewan dan dipimpin Wakil Ketua Dewan Ir. Hi. Hajin M. Umar serta dihadiri Wakil Bupati Samsul Hadi, jajaran uspida, para kepala dinas/instansi/badan/bagian, camat, dan berbagai elemen masyarakat. (ehl/p1/c2/adi)

FOTO AGUS

INFRASTRUKTUR: Gorong-gorong berukuran besar telah disiapkan di tepi jalinbar (depan RSMH), Pekon Sidoharjo, Kecamatan Pringsewu, Pringsewu.

Chikungunya Meluas ke Ambarawa PRINGSEWU – Masyarakat Pringsewu harus mewaspadai penyakit chikungunya. Sebab, penyakit ini telah meluas dari sebelumnya di wilayah Kecamatan Gadingrejo, kini meluas ke Kecamatan Ambarawa. Bukan hanya warga, namun dua kepala pekon (Kapekon) di kecamatan itu juga tak luput  dari serangan penyakit yang penyebarannya melalui  gigitan nyamuk ini. Kapekon Ambarawa Mas’ud mengatakan, chikungunya dirasakan menggejala sejak pertengahan Oktober 2013. Dirinya menjadi salah satu korbannya. “Akibat chikungunya, saya harus dirawat seminggu di rumah sakit dan

pulang kemarin sore,” ujar Mas’ud kemarin. Yang mengherankan, baru bulan lalu pihak puskesmas setempat melakukan fogging atau penyemprotan. Namun, kini banyak warga terkena chikungunya. Dikatakan, terbanyak warganya yang terkena chikungunya berada di Dusun 1. “Untuk dusun 2 dan 3, jumlahnya tak seberapa. Tapi, kalau di Dusun 1 cukup banyak. Jadi sekarang ini sekitar 50 warga terkena chikungunya,” ungkapnya. Untuk upaya  pencegahan mewabahnya chikungunya, menurut Mas’ud, pihak Puskesmas Ambarawa sudah berupaya melakukan antisipasi. Yakni

dengan memberikan bubuk abate ke warga. ”Bubuk abate sudah dibagikan petugas dari puskesmas ke warga,” katanya. Kapekon lainnya yang terkena chikungunya, yakni Rohmad. Kapekon Ambarawa Timur itu mengaku baru saja sembuh setelah terkena penyakit ini pada akhir Oktober 2013. Berbeda dengan di Pekon Ambarawa, untuk Pekon Ambarawa Timur, menurut Rohmad, hanya dirinya yang terkena penyakit itu. ”Hanya saya yang kena chikungunya. Kalau warga nggak ada,” tuturnya. Seperti diketahui, pada September 2013  sejumlah warga di Pekon Wates, Kecamatan

Gadingrejo, mengkhawatirkan munculnya chikungunya di wilayah mereka. “Persendian terasa sakit dan badan meriang seperti demam,” ujar salah satu warga. Kadiskes Pringsewu dr. Endang Budiati berjanji menurunkan tim melakukan observasi terkait dugaan penyakit yang dialami warga. ”Kita akan lakukan pemeriksaan. Setelah didapat hasilnya, baru dapat diambil keputusan langkah apa yang akan diambil,” ungkapnya. Untuk warga yang sakit, Kadiskes meminta segera ke paramedis terdekat ataupun puskesmas guna dilakukan tindakan medis. (sag/mul/rnn/p1/c2/adi)

KALIANDA – Pembangunan jalan poros yang menghubungkan antarkecamatan menjadi skala prioritas Pemkab Lampung Selatan pada 2014. Kabupaten serambi Pulau Sumatera ini menargetkan seluruh jalan yang menghubungkan 17 kecamatan di kabupaten itu dapat terhubung satu sama lain. Hal ini ditegaskan Bupati Lamsel Rycko Menoza S.Z.P. ketika penandatanganan nota kesepahaman Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2014 antara Pemkab Lamsel dengan DPRD, Kamis (7/11). Diungkapkan, pembangunan infrastruktur jalan merupakan salah satu upaya mendukung peningkatan potensi ekonomi dan aktivitas transportasi distribusi barang di Lamsel. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Juga sebagai akses jalan bagi masyarakat yang akan menuju kecamatan satu dan lainnya. Selain pembangunan jalan, kata orang nomor satu di Lamsel ini, pembangunan sarana-prasarana fisik untuk menunjang pembangunan tetap menjadi skala prioritas pemkab. Selain bidang pendidikan, kesehatan, pariwisata, pertanian, dan sektor-sektor lainnya. ”Segala hal yang langsung berkenaan dengan kepentingan masyarakat menjadi prioritas kami. Namun, dengan tetap melihat skala prioritas dan proporsionalitas,”katanya. Diketahui, beberapa waktu lalu Pemkab Lamsel mendapatkan guyuran pinjaman dari pusat investasi pemerintah (PIP) sebesar Rp90.982.000.000. Kucuran pinjaman ini diproyeksikan untuk pembangunan dua ruas jalan kabupaten, yakni Jl. Muaraputih– Karanganyar–Sidodadiasri sepanjang 37,6 km dan Jl. Kertosari– Jatibaru hingga perbatasan dengan Bandarlampung sepanjang 33,3 km. Sekkab Lamsel Sutono, M.M. menambahkan, PIP merupakan badan layanan umum di bawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang bekerja sama dengan BLUD pemprov maupun pemerintah daerah seluruh Indonesia untuk membantu setiap daerah membiayai pembangunan infrastruktur. Pemkab juga memproyeksikan akan menganggarkan pembangunan jalan poros ini melalui APBD. Namun, akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Ditargetkan, jalan yang menghubungkan antarkecamatan ini sudah terealisasi seluruhnya pada 2015. “Pelaksanaannya dilakukan bertahap sesuai kemampuan keuangan daerah,” ungkapnya. (dur/p1/c2/adi)


SABTU, 9 NOVEMBER 2013

21

Bukan Sekadar Berita!

BAKAL JADI KENANGAN: Gunung Kunyit setiap harinya digerus penambang batu. Salah satu gunung yang ada di Kota Bandarlampung ini diperkirakan tinggal kenangan dalam beberapa tahun ke depan.

FOTO ALAM ISLAM

SEKKOT: ITU PUNGLI! BANDARLAMPUNG – Banyaknya sorotan dari berbagai pihak atas tindakan Dinas Perhubungan (Dishub) Bandarlampung yang tanpa payung hukum menarik retribusi Rp1.000 bagi sepeda motor yang masuk Terminal Induk Rajabasa akhirnya direspons Pemkot Bandarlampung.

Sekretaris Kota (Sekkot) Bandarlampung Badri Tamam memastikan akan menginstruksikan Inspektorat untuk turun tangan menyelidiki kasus tersebut. Tidak hanya itu, pejabat karir nomor satu di Pemkot Bandarlampung ini juga menegaskan

akan memanggil Kepala Dinas Perhubungan Rifa’i untuk menjelaskan permasalahan tersebut. ’’Ya, itu pungli (pungutan liar, Red)! Kami segera tindak jika memang seperti itu,” tegasnya kemarin. Mantan sekretaris Komisi Pemilihan Umum

Tegur Hotel Tak Berizin Lokasi BANDARLAMPUNG – DPRD Bandarlampung meminta pemkot tegas dalam menyikapi masih banyaknya hotel di kota ini yang belum mengurus izin lokasi. Wakil Ketua Komisi A DPRD Bandarlampung Benson Wertha mengatakan, ketegasan itu bisa dilakukan dengan melayangkan surat teguran maupun peringatan terhadap hotel yang belum memiliki izin lokasi. ’’Ya memang harus seperti itu. Harus

tegas. Tidak bisa didiamkan. Karena kita kan menegakkan peraturan,” ujarnya kepada Radar Lampung kemarin. Menurut dia, jika pem-

kot hanya berdiam diri, maka dipastikan retribusi dari sektor izin lokasi berkurang dan berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah (PAD). ’’Ini kan berpengaruh langsung dengan PAD, jadi harus ada kesadaran dari pengusaha juga,” tegasnya. Benson memaparkan, pihak eksekutif pun harus terus menyosialisasikan peraturan-peraturan tentang kepastian BENSON WERTHA

Baca TEGUR Hal. 22

Di-deadline hingga Pekan Depan Tiga Kabupaten/Kota yang Belum Kirimkan KHL BANDARLAMPUNG – Kinerja Dewan Pengupahan Provinsi (DPP) Lampung kalah jauh dengan Dewan Pengupahan Kota (DPK) Bandarlampung. Di saat DPK telah mene-

tapkan besaran upah minimum kota (UMK), DPP masih berkutat pada penetapan besaran angka kebutuhan hidup layak (KHL). ’’Hari ini (kemarin, Red), kami baru selesai survei KHL ketiga untuk kemudian dirapatkan dari penggabungan hasil survei pertama hingga terakhir,” ujar Ketua DPP Lampung Heri Munzaili kepada Radar Lampung kemarin.

Tidak seperti survei pertama dan kedua, kali ini DPP enggan mengeksposnya. ’’Langsung tanya ke Pak Kadis saja ya. Saya takut kesalahan,” elaknya. Heri membeberkan, dari empat kabupaten/kota yang masih ditunggu besaran KHL-nya, masih ada tiga pemda yang belum mengirimkannya. Baca DI Hal. 22

(KPU) Lampung itu menerangkan, setiap retribusi yang dipungut sudah memiliki aturan yang jelas. Karenanya jika ada pungutan yang dilakukan tanpa memiliki dasar yang jelas, maka merupakan pungli. Baca SEKKOT Hal. 22


METROPOLIS

22

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

Bukan Sekadar Berita!

Jalan Tol Tunggu SP2LP Mohon Perbaikan Jalan PAK Wali Kota, mohon Jl. Malabar Raya, Wayhalim, diperbaiki karena kondisinya sudah rusak parah. Jalan ini adalah jalan utama angkutan. Kami akan sangat berterima kasih jika ditindaklanjuti karena sudah puluhan tahun jalan ini belum ada perbaikan. Wassalam. (08217527xxxx) Tertibkan PKL ASSALAMUALAIKUM, mohon kiranya Pak Wali Kota menertibkan pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di bahu jalan di perempatan Jl. Ryacudu, Campangraya, karena sangat mengganggu arus lalu lintas. (08576977xxxx)

04:22

11:51 15:08 17:50 19:08

SUMBER: PKPU.OR.ID

BANDARLAMPUNG – Realisasi pembangunan jalan tol Trans Sumatera ruas Lampung terus dikebut pemprov. Kini, Pemprov Lampung tengah memproses pengadaan lahan secara keseluruhan untuk pembangunan jalan tol tersebut seraya menunggu keputusan presiden (keppres) yang belum kunjung turun, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lampung Toni Onma Lumban Tobing menuturkan, saat ini pemprov sedang memproses surat persetujuan penetapan lokasi pembangunan (SP2LP) yang belum diterbitkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum (PU). ’’Kami sedang bolak-balik Jakarta untuk memproses SP2LP. Sesuai instruksi Pak Gubernur, kami bekerja jemput bola,” ujar

Toni kepada Radar Lampung kemarin. Toni menjelaskan, SP2LP tersebut dibutuhkan untuk mempercepat proses pembebasan lahan yang dilintasi ruas jalan tol Trans Sumatera. Sebagaimana yang ditargetkan, pembebasan lahan dapat dimulai pada Januari 2014. ’’Kepastian dana sudah ada. Jadi kita kejar SP2LP-nya biar bisa segera mencairkan dana yang ada untuk merealisasikan pembebasan lahan,” katanya. Dia mengatakan, jika SP2LP tersebut terbit, pihaknya segera menginstruksikan pemerintah kabupaten/kota untuk segera menyosialisasikan kepada masyarakat yang tanahnya terkena proses pembebasan lahan. Selanjutnya dilakukan pembebasan lahan sesuai kesepakatan antara tim pengadaan tanah (TPT) dan

warga berdasarkan harga yang ditentukan oleh tim penilai tanah. ’’Harapannya, pembebasan lahan tidak membutuhkan waktu yang lama. Mudah-mudahan saja pertengahan 2014 semua lahan sudah selesai dibebaskan,” pungkasnya. Diketahu, terkait ganti rugi pembebasan lahan, pemerintah pusat memperkirakan memerlukan dana sebesar Rp1,19 triliun. Rinciannya, Rp784 miliar untuk ruas jalan tol Bakauheni-Terbanggibesar dan Rp450 miliar untuk ruas jalan tol Terbanggibesar– Pematangpanggang. Keran pendanaan yang sempat ’’disumbat’’ Komisi VI DPR RI telah dibuka. Pemprov Lampung pun gembira. Apalagi kabar itu didapat dari PT Hutama Karya saat menggelar pertemuan dengan Pemprov Lampung be-

lum lama ini. Sekretaris Provinsi Lampung Berlian Tihang membenarkan, DPR RI telah membuka keran pendanaan untuk pembangunan tol tahap pertama meliputi wilayah Lampung, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan Riau. Dia memaparkan, dana pembangunan tol Trans–Sumatera tahap awal untuk empat provinsi itu disetujui DPR RI melalui APBNP 2013 dan APBN 2014. Dengan rincian, sebesar Rp2 triliun didanai dari APBNP 2013 dan Rp5,1 triliun dari APBN Murni 2014. ’’Untuk Lampung berapa, kita belum mengetahui angka pastinya,’’ kata dia. Menurut Berlian, Pemprov Lampung juga telah menyiapkan Rp3 miliar untuk modal awal yang nantinya dikelola PT Lampung Jasa Utama. ’’Dana itu pada dasarnya akan kembali

lagi ke pemprov. Yaitu melalui dana bagi hasil yang diberikan kepada kita ke depannya,’’ paparnya. Permasalahan sekarang ini adalah tentang pembebasan lahan yang memerlukan pendekatan dengan masyarakat dan kepres yang belum turun. Dia menyebutkan, jika kepres belum turun, pembangunan belum bisa dikerjakan. ’’Yang pasti, terkait informasi pembangunan jalan tol batal dilaksanakan terhapus sudah. Sebab, DPR RI telah menyetujui pembangunannya. Terkait mulai pembebasan lahan dan konstruksi perlu kepres-nya, diharapkan ketika pertemuan gubernur se-Sumatera para gubernur bisa meyakinkan dan mendesak pusat untuk segera menerbitkannya,” ucap dia. (red/p4/c1/whk)

Jumlah Dokter Spesialis Tercukupi pada 2016 Jadi Pembina Upacara BERBAGAI upaya dilakukan Satuan Narkoba (Satnarkoba) Polresta Bandarlampung dalam menekan peredaran narkoba di kota ini. Salah satunya dengan menjalin kerja sama sekolahsekolah. Kasatnarkoba Polresta Bandarlampung Kompol Sunaryoto mengatakan, kerja sama yang dilakukan adalah dengan menggelar sosialisasi tentang bahaya narkoba terhadap siswa. ’’Nah, bentuk sosialisasinya dilakukan SUNARYOTO dengan mengenalkan berbagai jenis narkoba. Terkadang, untuk sosialisasi mengenai bahayanya, saya menjadi pembina upacara di sekolahsekolah,” pungkasnya. (asy/p4/c1/whk)

Penyebab Bau Mulut dan Lidah Berjamur PERTANYAAN: Dok., saya pria berusia 35 tahun. Saya ingin bertanya, apa penyebab bau mulut dan lidah berjamur atau lidah putih. Terkadang dua hari mesti dikerok. Kalau tidak, warnanya berubah agak kuning kecokelatan. Padahal, gigi saya tidak ada yang berlubang atau tanggal. Mohon penjelasannya. Terima kasih. JAWABAN: Tanda-tanda terjadinya bau mulut dan lidah berjamur biasanya terganggunya keseimbangan asam mulut seperti air liur kental, mulut kering, dan rasa tidak nyaman bicara. Selain itu, lawan bicara akan terlihat gelisah dan mengambil inisiatif menjauh/mengambil jarak dalam berbicara. Bisa juga seseorang komplain atas bau tidak enak yang tercium dan berasal dari mulut kita. Selain itu, bisa mengindikasikan adanya penyakit dalam seperti gangguan pada lambung. Hal ini yang harus cepat-cepat dikonsultasikan pada dokter penyakit dalam. Cara menghilangkan, mengatasi, serta mencegah bau mulut dan lidah berjamur adalah gosok gigi yang rajin dan bersih setiap habis makan minimal selama dua menit. Lalu tidak makan makanan dan minuman yang biasanya membuat mulut bau seperti bawang putih, alkohol, dan rokok. Kemudian rawat gigi kita di dokter gigi dan check-up minimal setahun dua kali. Selanjutnya minum air putih yang banyak dan cukup, bersihkan lidah kita dari kuman dengan sikat lidah, sendok, sikat gigi, dan sebagainya. Gunakan semprotan mulut penghilang bau, rajin berkumur dengan cairan pembersih mulut khusus untuk kumur. Tetapi jangan keseringan, karena tidak baik juga untuk mulut. Kebiasaan buruk merokok ditinggalkan saja, hindari banyak makan makanan berminyak, serta makan makanan yang berserat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan segar. (Sumber: Ketua PDGI Bandarlampung drg. Fery Noviandri, M.M.). (cw10/p4/c1/whk)

BANDARLAMPUNG – Pemprov Lampung menargetkan pada tahun 2016, provinsi ini tidak lagi mengalami kekurangan dokter spesialis. Sebab saat ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melalui Pemprov Lampung sedang menyekolahkan 100 calon dokter spesialis yang akan ditempatkan di provinsi ini. Jumlah tersebut akan disebar di sejumlah rumah sakit dan beberapa lembaga kesehatan lain untuk melayani kesehatan masyarakat Lampung. Di mana

saat ini, jumlah dokter spesialis masih sangat terbatas, yakni baru berkisar 80 orang. Kepala Bidang Sumber Daya Manusia Dinas Kesehatan (Diskes) Lampung drg. Rosalinda mengatakan, 100 calon dokter spesialis tersebut merupakan kalkulasi dari 2009. Dimaksudkan agar tenaga dokter spesialis di provinsi ini dapat terpenuhi. Sebab selama ini, tenaga dokter spesialis yang dibutuhkan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang berobat ke rumah sakit sangat sulit dite-

mukan karena adanya pekerjaan di tempat  lain. ’’Tiga tahun ke depan, tidak akan terjadi kelangkaan dokter spesialis di Lampung,” ujarnya pada workshop kehumasan di aula Diskes Lampung kemarin. Para calon dokter itu, kata dia, disekolahkan untuk menempuh berbagai jenis dokter spesialis. Mulai spesialis anak, mata, hingga bedah yang diakui masih minim di Lampung. ’’Semua dokter yang disekolahkan ini dibiayai Kemen kes RI,” pungkasnya.

Diketahui, minimnya dokter spesialis di Lampung dikeluhkan oleh beberapa rumah sakit di provinsi ini. Salah satunya Rumah Sakit Umum Daerah dr. Hi. Abdul Moeloek (RSUDAM). Direktur Utama RSUDAM drg. Torry Duet Irianto mengatakan, pasien yang hendak operasi harus menunggu jadwal yang cukup lama. Dia beralasan, lamanya jadwal operasi pasien dikarenakan terbatasnya dokter spesialis di rumah sakit pelat merah tersebut. ’’Kami telah berupaya meng-

Dari Hal. 21

Sekkot... Terkait alasan yang diungkapkan Dishub bahwa pungutan itu dilakukan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) di kota ini juga disanggahnya. Badri mengungkapkan, dengan adanya pungli yang dilakukan Dishub, memunculkan indikasi adanya kebocoran PAD dari sektor tersebut yang tidak masuk dalam kas daerah. ’’Ini (kebocoran PAD, Red) juga akan menjadi catatan penting dan itu yang perlu diproses. Jangan sekali-sekali aparatur melakukan tindakan yang melanggar. Kami akan turunkan Inspektorat dan melakukan pemeriksaan secara internal dahulu,” tandasnya. Badri berjanji akan mem-

perbaiki jika memang masih ada yang melakukan pungli bukan hanya di terminal, tetapi di semua fasilitas yang berhubungan dengan pelayanan kepada masyarakat. ’’Kalau memang masih ada yang berani melakukan tindakan itu (pungli), maka sanksi yang paling berat adalah pemecatan!” pungkasnya. Sebelumnya, Dishub mengklaim pungutan retribusi terhadap sepeda motor yang masuk terminal dalam rangka meningkatkan PAD. Kendati memang, instansi itu mengakui bahwa penarikan retribusi tersebut tidak diatur dalam peraturan daerah (perda). ’’Ya, kalau sudah masuk areal

terminal itu memang ditarik. Kami memberlakukan ini karena mencontoh yang terjadi di bandara dan stasiun kereta api. Kalau kendaraan masuk ke sana kan ditarik tarif walaupun cuma mengantar. Kecuali kalau mengantarnya di luar areal, baru tidak dikenakan retribusi,” ujar Kepala UPTD Terminal Dishub Bandarlampung Zulkifli, Rabu (6/11). Meski demikian, imbuh dia, ke depannya Dishub tidak menarik lagi retribusi sepeda motor yang melintas di Terminal Induk Rajabasa. Kecuali kendaraan tersebut telah parkir di areal terminal sesuai Perda Nomor 6 Tahun 2011 tentang Retribusi Kendaraan. ’’Kami memberlakukan pe-

narikan itu sejak Maret 2013. Dana tersebut kami kumpulkan dan serahkan ke bagian keuangan sebagai PAD Bandarlampung,” akunya. Untuk anggota yang bertugas di terminal, lanjut Zulkifli, pihaknya sudah mengumpulkan seluruhnya untuk diberikan pengarahan agar kejadian tersebut tidak terulang. ’’Mereka telah kami kumpulkan dan kami akan evaluasi lagi terkait masalah ini,” ucapnya. Diketahui, praktik pungli yang dilakukan oknum Dishub Bandarlampung terhadap pengendara sepeda motor di Terminal Induk Rajabasa juga menyita perhatian Polresta Bandarlampung dan Ombuds-

mengirim usulan UMK kepada DPP kemarin. ’’Jangankan UMK, KHL saja belum kami terima kok,” tandas Heri. Terkait belum terkumpulnya KHL tersebut, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lampung memberi deadline kepada tiga pemda tersebut untuk mengirimkannya paling lambat pekan depan.

’’Jumat depan (15/11), kami tekankan agar Lamteng, Lamsel, dan Bandarlampung sudah mengirimkan hasi penetapan KHL-nya. Kami akan surati pemda setempat kalau tidak kunjung mengirimnya. Ini serius!” tukasnya. Penekanan tersebut diberikan agar dapat mengejar target penetapan KHL paling lambat

pertengahan November. Sebab, meski DPP telah melakukan survei KHL terakhir, masih harus menunggu pemerintah kabupaten/kota yang telah memiliki DPK untuk juga menyerahkan besaran KHL versi mereka. ’’Kami juga pengin kerja cepat lho,” pungkasnya. Terpisah, Sekretaris Kota Bandarlampung Badri Tamam

mengakui jika UMK Bandarlampung belum dikirimkan ke Pemprov Lampung. ’’Ya memang belum dikirimkan. Saat ini tinggal menunggu tanda tangan Pak Wali. Beliau sedang tidak ada di tempat, jadi belum ditandatangani. Kemungkinan Senin (11/11) kami kirimkan,” singkatnya. (red/gyp/p4/c1/whk)

Dari Hal. 21

Tegur... pembuatan izin lokasi kepada pengusaha hotel. Sehingga ke depan tidak terjadi kesalahpahaman antara pengusaha hotel dan pemerintah setempat. Menurutnya, ketidaktahuan pengusaha mengenai pengurusan izin tersebut membuktikan lemahnya sosialisasi yang dilakukan pemkot kepada investor. ’’Kalau pengusaha banyak bilang enggak tahu, berarti sosialisasi mengenai perizinan

man perwakilan Lampung. Polresta berencana melakukan pengumpulan bahan dan keterangan (pulbaket) dengan turun ke lapangan untuk mencari bukti terkait adanya pungli tersebut. Sementara, Ombudsman per wakilan Lampung berencana melayangkan surat klarifikasi kepada Dishub untuk menjelaskan terkait permasalahan itu. Sebab, Dishub dianggap telah melanggar Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik jika memungut retribusi terhadap sepeda motor yang masuk Terminal Induk Rajabasa tanpa adanya aturan. (gyp/p4/c1/whk)

Dari Hal. 21

Di... Yaitu Lampung Tengah, Lampung Selatan, dan Bandarlampung. ’’Untuk Waykanan hari ini (kemarin, Red) sudah menyerahkan besaran KHL. Sementara Lamteng, Lamsel, dan Bandarlampung belum,” bebernya. Pernyataan tersebut sekaligus membantah pernyataan Pemkot Bandarlampung yang hendak

usulkan adanya dokter spesialis bedah tumor dan tulang ke Kemenkes. Dan, usulan itu ditanggapi positif. Tapi harus menunggu terlebih dahulu,’’ kata Torry, Kamis (7/11). Ia juga mengaku, telah berupaya untuk membenahi pelayanan agar pasien yang akan melakukan operasi tidak antre lama. ’’Kami tunggu dahulu. Mudah-mudahan dengan tambahan dokter yang diusulkan, tidak akan terjadi lagi pasien antrean yang akan menjalani operasi,’’ ujarnya. (red/p4/c1/whk)

sangat lemah. Harus terus disosialisasikan biar pada tahu semua. Ini agar iklim investasi di Bandarlampung makin berkembang,” ucapnya. Terpisah, Sekretaris Kota Bandarlampung Badri Tamam membantah penilaian tersebut. Dia mengatakan, pemkot sudah melakukan sosialisasi semaksimal mungkin. Mantan sekretaris KPU Lampung itu menuding ketidaktahuan tentang peraturan

hanyalah alasan pengusaha yang bandel. ’’Sosialisasi kita sudah maksimal. Kalau ada yang bilang enggak tahu, hanya jadi alasan karena belum mengurus izin,” tandasnya. Dia melanjutkan, pengurusan izin lokasi memang bukan di Badan Penanaman Modal dan Perizinan (BPMP), tetapi di Badan Pertanahan Nasional (BPN) Bandarlampung. BPN yang memberikan pertimbangan teknis

pertanahan dalam penerbitan izin lokasi yang memuat ketentuan dan syarat penggunaan serta pemanfaatan tanah. Hal ini sesuai Peraturan Kepala BPN RI Nomor 2 Tahun 2011 tentang Pedoman Pertimbangan Teknis Pertanahan dalam Penerbitan Izin Lokasi, Penetapan Lokasi, dan Izin Perubahan Penggunaan Tanah (IPPT). ’’Sudah sesuai peraturan yang ada di BPN. Dan nanti bagian

pemerintahan pemkot yang akan menerbitkannya, bukan melalui BPMP. Semua pengusaha tahu itu, bukan sekadar IMB, HO, dan izin lainnya,” jelas dia. Ke depan, imbuh Badri, pihaknya akan menegur dan melayangkan surat bagi sejumlah hotel berbintang maupun melati yang belum ada izin lokasi, terutama bagi hotel yang sedang dalam tahap pembangunan. (gyp/p4/c1/whk)


METROPOLIS

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

23

Bukan Sekadar Berita!

Lagi, Oknum Polisi Terindikasi Narkoba

Cabuli Anak Kecil APARAT Polsekta Tanjungkarang Barat (TkB), Bandarlampung, meringkus tersangka pencabulan anak di bawah umur, Hartono (35). Ia diringkus di rumahnya, Jl. Agres, Kelurahan Sumberrejo, Kecamatan Kemiling, Bandarlampung, Rabu (6/11) pukul 21.00 WIB. Hartono diduga mencabuli B (7) di sebuah gudang di Kelurahan Sumberrejo, 3 Desember 2009. Pascaperistiwa itu, ia sempat kabur ke Jogjakarta. Tapi, di kota itu, lagi-lagi Hartono tersangkut kasus pencabulan anak di bawah umur. Hartono divonis 4 tahun penjara. Tapi, dia berhasil kabur dan akhirnya tertangkap oleh petugas Polsekta TkB. ’’Tersangka bisa dijerat pasal 82 UU Perlindungan Anak dengan ancaman pidana maksimal lima belas tahun penjara,” ungkap Kapolsekta TkB AKP I Ketut Suryana. (cw10/p2/c2/wdi)

Lidik Buang Bayi POLISI masih menyelidiki kasus penemuan jasad bayi di Jl. Untung Suropati, Labuhanratu Raya, Kecamatan Labuhanratu, Bandarlampung, Kamis (7/11). Selain itu, menurut Kapolresta Bandarlampung Kombes Dwi Irianto, pihaknya juga menyelidiki kasus buang bayi di Telukbetung Barat, Tanjungkarang Timur, dan Tanjungsenang. Hasil penyelidikan, lanjut dia, dua bayi berumur kurang dari 9 bulan. Artinya, ada kemungkinan dilahirkan paksa (aborsi). (red/p2/c2/wdi)

Tangkap 5 Penjudi SEBANYAK 5 orang diamankan saat berjudi leng, Kamis (7/11) sekitar pukul 23.00 WIB. Kelima orang itu ditangkap di pos gardu Perum Hotel Sheraton, Jl. W.R. Monginsidi Gg. Manyar, Kelurahan Pengajaran, Kecamatan Telukbetung Utara (TbU). Lima orang itu, yakni Sayuti (49), warga Jl. Cut Mutia, Kelurahan Gulakgalik, TbU; Rudi (32), satpam Perum Hotel Sheraton sekaligus warga Jl. Cut Mutia Gg. Kelurahan Gulakgalik; Irfansyah (33), warga Jl. Cut Mutia Gg. Hj. Haniah, Kelurahan Gulakgalik; Teguh (32), penjual buah sekaligus warga Jl. W.R. Monginsidi, Kelurahan Durianpayung, TkP; dan Afidi (29), warga Jl. W.R. Monginsidi, Kelurahan Pengajaran, TbU. Kapolsekta TbU AKP Sarpani mengatakan, pihaknya telah melakukan penangkapan terhadap pelaku yang tertangkap tangan bermain judi leng dengan barang bukti uang Rp50 ribu dan 2 set kartu remi. (cw9/p2/c2/wdi)

FOTO AJI SAKTIYANTO

SPESIALIS KOTAK AMAL INILAH Yohanes Buntuang alias Jek alias M. Yunus (28), spesialis pencuri kotak amal yang kerap beraksi di Bandarlampung. Terakhir, ia mencuri kotak amal di Masjid Baitul Nur, Jl. Wolter Monginsidi, Kelurahan Talang, Telukbetung Selatan (TbS), Bandarlampung.

Warga Jl. Ikan Tenggiri, Kalipucung Petojo, Kelurahan Talang, TbS, ini mengaku juga pernah menggondol kotak amal Masjid Mu’awanah di Jl. Sultan Agung, Kedaton, Bandarlampung. Selain itu, ia juga beraksi di sejumlah musala daerah Telukbetung.

’’Menurut keterangan tersangka, ia mencuri uang Rp395 ribu di Masjid Mu’awanah. Atas tindak pidana pencurian itu, tersangka dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman 5 tahun penjara,’’ ungkap Kapolsekta TbS Kompol Nuswanto. (cw9/p2/c2/wdi)

BANDARLAMPUNG – Kepolisian berbenah diri. Setelah sebelumnya menyatakan tiga orang oknum polisi tersangkut narkoba, kini giliran empat orang oknum polisi Polresta Bandarlampung terindikasi narkoba. Indikasi itu didapat setelah Polresta Bandarlampung menggelar tes urine dadakan, Senin (4/11). Dari informasi yang dihimpun Radar Lampung, empat orang oknum itu berasal dari Unit Sabhara Polresta Bandarlampung. ”Tes urinenya kan Senin (4/11). Hasilnya, ada empat anggota yang positif menggunakan narkoba. Keempatnya anggota Sabhara Polresta Bandarlampung,” kata sumber Radar Lampung yang enggan namanya dikorankan semalam. Keempat oknum polisi itu tadi juga dikumpulkan di lapangan Mapolresta Bandarlampung. Kasatnarkoba Polresta Bandarlampung Kompol Sunaryoto membenarkan hasil tes urine itu. Namun, dirinya enggan membe-

berkan siapa oknum polisi itu. ”Iya benar, ada yang positif. Saya tidak bisa memberitahukan. Mending langsung ke Kapolresta saja,” ungkap Sunaryoto semalam. Sebelumnya, Ditnarkoba Polda Lampung menahan tiga oknum polisi tersangka kasus narkoba jenis sabu-sabu (SS). Ketiganya, yakni Briptu Rafik Hidayat, Briptu Ferli Novariansah, dan Briptu Yudi. Dua orang anggota Reskrim Polresta Bandarlampung dan satu dari Reskrim Polres Tulangbawang. Bersama mereka, polisi juga menangkap satu orang sipil, Hendri Setiawan. Keempat orang itu dinyatakan positif mengonsumsi SS. Menurut Kabid Humas Polda Lampung AKBP Sulistyaningsih, ketiga oknum polisi itu terancam pasal 112 dan 127 UU No. 35/2009 dengan ancaman pidana minimal empat tahun serta maksimal dua belas tahun. ’’Ketiganya telah kami periksa dan ditetapkan sebagai tersangka,” ujarnya kemarin.(red/ why/p2/c2/wdi)

Tamu Beperkara Dilarang Bertemu Jaksa BANDARLAMPUNG – Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandarlampung merespons tudingan soal adanya jaksa nakal. Kajari Bandarlampung Widiyantoro menyatakan, akan berkoordinasi dengan Kajati Lampung Momock Bambang Samiarso. Widi –sapaan akrab Widiyantoro– mengklaim, profesi jaksa rentan terkena fitnah. Karena itu, saran dari kejati untuk menentukan langkah yang diambil menangani isu jaksa

nakal di kejari sangat diperlukan. Mantan Kabag Tata Usaha Jaksa Muda Pengawasan Kejagung itu mengakui, selama ini fitnah terhadap jaksa tidak pernah dapat dibuktikan oleh pelapor. ’’Kalau memang ada bukti dan ada saksi, pasti jaksa itu akan saya tindak. Kalau sebaliknya, tentunya kami akan mengambil langkah hukum juga. Sebab, itu salah satu pencemaran nama baik pribadi dan institusi,” ujarnya kemarin.

Diakuinya, seorang jaksa tidak diperbolehkan berkomunikasi langsung dengan keluarga tersangka atau terdakwa. ’’Ya, memang tidak diperbolehkan. Dalam kasus jaksa Eka dan Hasan itu, salah satu jaksa sempat mengeluhkan bahwa keluarga tersangka kerap menemui dirinya,” katanya. Karena itu, untuk sementara, lanjut dia, Kejari Bandarlampung disterilkan dari tamu yang beper-

kara. ’’Untuk sementara, itu langkah yang kita ambil. Jika memang ada tamu yang beperkara, cukup melihat layanan informasi perkara di ruang tamu,” katanya. Widi juga mengakui, dalam beberapa bulan terakhir buku tamu tidak digunakan secara maksimal. Tamu kerap tak meninggalkan identitas dan dapat dengan mudah masuk ruang jaksa. ’’Padahal itu tak diperbolehkan,” ungkapnya. Diberitakan, dalam dua bulan

terakhir sudah tiga nama jaksa yang diduga memeras atau menerima suap dari keluarga terdakwa. Yang pertama jaksa Eka Aftarini. Ia diduga menerima amplop dari keluarga terdakwa terkait permintaan penangguhan penahanan. Lalu, teranyar ada jaksa Eka Septiana Sari dan Hasan Asy’ari. Kedua jaksa ini diduga meminta sejumlah uang kepada keluarga tersangka agar berkas tidak dilimpahkan ke pengadilan. (red/p2/c2/wdi)


RAGAM

24

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

Seminar Internasional, IAIN Gandeng 5 Negara BANDARLAMPUNG - IAIN Raden Intan Lampung akan menggelar Seminar Internasional Studi Kajian Islam pada Selasa-Rabu (12-13/11). Kegiatan akbar civitas IAIN Raden Intan Lampung tersebut akan diselenggarakan di Ballroom Hotel Novotel. Seminar dilatarbelakangi berbagai hal. Di antaranya dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi kemajuan signifikan terhadap peningkatan minat dalam studi Islam dari berbagai komunitas di seluruh dunia. Tidak terkecuali pada negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. Sebab tidak dipungkiri lagi, pendidikan Islam di Asia Tenggara telah menjadi perhatian internasional. Karena itulah, IAIN Raden Intan ingin lebih konsen dalam membahas seminar internasional terkait perubahan dan tantangan studi Islam dengan menggandeng pembicara dari lima negara ASEAN. Yakni Filipina, Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, dan Thailand. ’’Nanti dalam kupasan materinya tidak hanya membahas cara mengoptimalkan perbaikan universitas Islam sebagai pusat studi Islam dengan berbagai strategi yang akan ditempuh terhadap perubahan dan tantangan. Tetapi melalui seminar ini pula waktunya kita membangkitkan kembali semangat dan kebersamaan dalam kajian keislaman antarnegara serumpun Melayu. Dan pada saat ini, kami mulai menggandeng lima negara ASEAN sebagai wujud langkah awalnya,” terang Dr. Syamsuri Ali, M.Ag., ketua pelaksana seminar internasional, saat ditemui Radar Lampung kemarin (8/11). Ia melanjutkan, harapannya dengan sukses terselenggaranya seminar internasional ini, akan berlanjut dengan kerja sama yang memiliki makna konkret terdekatnya dengan membangun jaringan dalam mengagendakan publikasi kajian keislaman dari berbagai universitas Islam di Asia Tenggara. Syamsuri menyebutkan, narasumber yang akan dihadirkan pada seminar internasional bertajuk Islamic Studies and Educational Institution in South-East Asia Changes and Challenges yakni dari Indonesia adalah Sekjen Kementerian Agama Bahrul Hayat, Ph.D. dengan pembahasannya terkait membangun komunikasi yang baik dan berkelanjutan antara universitas

mengenai Islam reformasi. Kemudian Rektor UIN Syarif Hidayatullah Prof. Dr. H. Azyumardi Azra, M.A. dengan materi merumuskan kurikulum pendidikan tinggi untuk melakukan sinkronisasi dengan gerakan reformasi Islam. Kemudian masih dari Indonesia, sebagai tuan rumah penyelenggara acara, Rektor IAIN Raden Intan Lampung Prof. Dr. Hi. Moh Mukri, M.Ag. akan menyampaikan pembahasan terkait membangun forum komunikasi dalam rangka mendapatkan tujuan Islam reformasi. Selanjutnya dari International Islamic University Malaysia Prof. Dato. Dr. Sidek Baba dengan kupasan materi masalah dan tantangan dalam studi Islam di ASEAN universitas di era globalisasi terkait kebutuhan untuk kerja sama antar universitas islam. Lalu dari Filipina yakni Mindano State University Prof. Dr. Ali Bangcola Panda akan mengkaji masalah pengembangan dan pendekatan pendidikan Islam dalam sistem sekuler Filipina. Dilanjutkan dari University Islam Sultan Sharif Ali-Brunei Dr. Abdurrahman Raden Aji Haqqi dengan membahas studi materi Menuju dibentuknya jaringan universitas Islam di wilayah ASEAN. Dari Singapura diwakili oleh Kolej Islam Muhammadiah yakni Dr. Saefuddin Amin, Lc., M.A. yang akan membahas kajian pengembangan universitas Islam di Singapura. Serta yang terakhir dari Thailand, Yala Islamic University Prof. Dr. Chirapan Day mengkaji terkait masalah dan pengembangan pendidikan Islam di Thailand. Syamsuri menambahkan, secara keseluruhan persiapan telah mencapai 95%. Kegiatan akbar civitas IAIN Raden Intan Lampung tersebut akan diselenggarakan di Ballroom Hotel Novotel. Dengan dihadiri rektor-rektor dan pimpinan perguruan Islam seIndonesia. Lalu pejabat Kementerian Agama, dosen dan mahasiswa dari Malaysia dan Singapura, serta forum Muhammadiyah dan NU. Kemudian dekan dan dosen dari keempat fakultas dan PPs IAIN Raden Intan Lampung. ’’Saat ini jumlah peserta yang mendaftar sudah mencapai 150 orang,” pungkas Syamsuri. (pms2/p7/ c1/adi)

SIAP Panggung di Lapangan Radar Lampung, tempat akan tampilnya band Vierratale hari ini. Foto dibidik pukul 21.00 WIB tadi malam. FOTO AJI SAKTIYANTO

FK Unila Gelar Senam hingga Aksi Vierratale BANDARLAMPUNG - Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (FK Unila) angkatan 2012 menggelar puncak dari rentetan acara dies natalis atau hari jadi fakultas tersebut hari ini (9/11). Acara akan dibuka dengan senam bersama di Lapangan Radar Lampung mulai pukul 07.00 WIB. Senam bersama ini juga diperuntukkan masyarakat umum yang ingin mengikutinya. Juga ada minum susu gratis setelah senam.

Acara akan lebih semarak dengan bazar dari beberapa sponsor. Seperti Honda, Pocari Sweat, Mc Donald, Jaco Donuts, dan XL. Juga ada festival band dari kompetisi band pelajar yang digelar FK Unila. Sudah ada beberapa pemenang dari festival band tersebut, yaitu untuk juara I dari SMA Al-Kautsar dan juara II dari SMP Darul Ilmi. FK juga tak melewatkan untuk

mereka tidak memiliki tempat atau sarana untuk mengekspresikannya. ’’Jadi inilah tujuannya. Selain bisa dipakai sendiri, bisa juga untuk kado ulang tahun atau kado hari jadi bersama orang tercinta. Bahkan di sini juga menjual pakaian anak-anak serta aksesori seperti gelang, kalung, dan bando,” kata dia. Untuk baju yang ingin dicetak tidak memakan waktu lama. Cepat dan bisa ditunggu. Harga baju untuk lengan pendek Rp65 ribu sudah termasuk desain. Sedangkan untuk lengan panjang Rp85 ribu. Jadi cukup murah dan terjangkau. Di toko yang terletak di lantai 2 No. 2 Simpur Center ini juga bisa membawa baju atau tas sendiri. Jadi hanya akan dikenakan biaya print. ’’Rencananya, kami juga membuat buku atau file yang sesuai keinginan,” papar Farida. (pms3/ p7/c1/adi)

melakukan meet and greet sebelum perform di markas Radar Lampung,” terang Rio Gasa Handriyo selaku ketua pelaksana didampingi Mohammad Syahrezki, koordinator tata landscape. Hajat FK Unila ini cukup sukses mengundang minat para penonton. Sebab, tiket yang ditawarkan seharga Rp45 ribu untuk VIP, tiket festival Rp30 ribu, serta tiket untuk meet and greet pun habis diserbu penonton. (pms3/p7/c1/adi)

Tim Futsal SMA Adiguna Wakili Lampung

Desain T-Shirt Unik Sesuai Kemauan Konsumen BANDARLAMPUNG - Pengin tampil beda dengan t-shirt unik atau hasil kreasi sendiri? Infinity Diy Store hadir untuk membantu Anda mengekspresikan kreativitas diri dengan menuangkannya melalui baju, tas, sarung bantal, dan topi. Saat dijumpai di toko miliknya, Farida Toha mengungkapkan bahwa konsep toko ini adalah Finding Yourself. ’’Kita ingin bebas berekspresi sendiri. Jadi bisa desain sendiri berupa foto, gambar kartun, atau dengan tulisan. Jadi di sini bebas permintaan desainnya, tergantung maunya konsumen seperti apa. Kami hanya melayani,” terangnya kemarin. Farida mengaku ide awalnya karena dirinya memang menyukai gambar dan suka iseng membuat sesuatu yang beda. Jadi kenapa tidak diarahkan ke bisnis saja. Apalagi, anak-anak muda pada dasarnya memang kreatif. Namun,

kegiatan peduli sesama. Ada kegiatan sosial seperti donor darah, tensi darah gratis, dan mengundang anak-anak dari panti asuhan sekitar 100 anak. Puncak dies natalis FK diisi penampilan grup band yang sedang naik daun, Vierratale. Dijadwalkan, band yang digawangi Kevin Aprilio cs ini menghibur penonton mulai pukul 15.00. Sebelumnya, panggung akan diisi band indie. ’’Vierratale juga akan

FOTO YUYUN

PELEPASAN: Tim Futsal SMA Adiguna bersama kepala sekolah, pelatih, dan dewan guru.

BANDARLAMPUNG - SMA Adiguna Bandarlampung terus menunjukkan eksistensinya. Bukan hanya dalam bidang akademik, tetapi juga dalam kegiatan ekstrakurikuler. Ini terbukti dengan keberangkatan Tim Futsal Adiguna yang menjadi satu-satunya sekolah yang mewakili Provinsi Lampung dalam pertandingan futsal yang diselenggarakan tim Institut Pertanian Bogor (IPB). Pertandingan akan dihelat di Gymnasium Kampus IPB Darmaga Bogor, Jawa Barat. Kepala SMA Adiguna Bandar-

lampung Dra. Hj. Siti Suratini Zain mengatakan, sempat ada kendala dalam izin keberangkatan siswanya. Sebab, ada larangan dari Dinas Pendidikan (Disdik) bahwa kepala sekolah tak diizinkan mengirimkan siswanya dalam kegiatan yang tidak dikoordinasikan dengan Disdik. ’’Namun dengan keinginan yang kuat untuk menang dan kesungguhan dalam hati demi mengharumkan Provinsi Lampung, alhamdulillah akhirnya Dinas Pendidikan mengizinkan untuk Tim Futsal Adiguna Bandarlampung mengikuti pertan-

dingan tersebut. Untuk pendanaan sendiri banyak ditunjang oleh Ketua Yayasan STKIP PGRI Bandarlampung Drs. Hi. Dailami Zain sebagai bentuk dukungan beliau dalam pertandingan futsal ini,” bebernya sesaat setelah melaksanakan upacara pelepasan tim futsalnya di lapangan SMA Adiguna Bandarlampung kemarin. Ia berpesan agar tim futsalnya dapat menjaga nama baik sekolah maupun Provinsi Lampung, serta bisa menjaga kekompakan dan persaudaraan saat bertanding. Jangan sampai terjadi perkelahian, karena menang dan kalah adalah hal yang biasa dalam setiap pertandingan. Karena itu, utamakanlah bermain secara sportif. ’’Harapannya kepulangan nanti dapat membawa prestasi yang gemilang dan untuk siswa yang terpilih mewakili Lampung ini juga bisa berprestasi bukan hanya di ekstrakurikuler, namun juga dalam bidang akademik,” ujarnya. Pelatih ekskul futsal sekaligus guru olahraga SMA Adiguna Bandarlampung Saunan, S.Pd., M.Pd. menyampaikan, SMA Adiguna sudah kali kedua diundang dalam pertandingan yang diselenggarakan IPB. Sebelumnya pada tahun 2012 dengan beberapa sekolah yang ada di Lampung. Namun dikalahkan oleh juara bertahan.

Nah tahun ini, SMA Adiguna menjadi satu-satunya sekolah yang diundang IPB dalam ajang pertandingan futsal. Tentu ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri untuk SMA Adiguna. ’’Meski pernah mengalami kekalahan, kami tidak merasa putus asa. Hal itu kami jadikan sebagai motivasi dan cambuk untuk bangkit serta menjadi lebih baik lagi,” ujarnya. Tim Futsal SMA Adiguna berkekuatan 15 siswa dari berbagai tingkatan kelas. Tim melakukan latihan setelah selesai sekolah seminggu dua kali dalam bentuk latihan dasar, teknik-teknik bermain yang baik, dan dilanjutkan dengan games yang menarik namun dapat mengasah kemampuan mereka dalam bermain futsal. ’’Meski tidak ada pertandingan, kami selalu rajin berlatih. Sehingga jika ada pertandingan seperti ini, kami sudah siap dan hanya berlatih untuk kematangan saat bertanding. Dan yang paling penting selalu menjaga kondisi badan,” ujarnya. Pertandingan sendiri dijadwalkan berlangsung selama delapan hari di Bogor, dimulai pada 10 November 2013. ’’Kami mohon doanya dari semua pihak semoga tim futsal SMA Adiguna dapat membawa kemenangan untuk Provinsi Lampung,” pungkas Saunan. (pms1/p7/c1/adi)


25

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

TEKA-TEKI SILANG

JADWAL PROGRAM ACARA SABTU, 9 NOVEMBER 2013 05.00 05.30 06.30 07.30 08.00 08.30 09.30 10.30 11.30 12.00 12.30 13.00 13.30 14.00 14.30

QURAN DAN HADIST PENYEJUK HATI (LIVE) SUPERKIDS: ALIBABA RADAR PAGI (LIVE) PELANGI ASPIRASI #48 (RECORDED) HALO LAMPUNG (RECORDED) AKUPRESSURE (RECORDED) AGUY KHUHUK TV MENGAN JEJAMA RADAR SIANG (LIVE) BUMI HIJAU BERITANI INFO NIAGA (LIVE) SUPERKIDS : CONAN

15.00 SUPERKIDS : SWING FIGHTER 15.30 CLIPSHOW (RECORDED) 17.00 PELANGI : MENGGAMBAR TK 17.30 WISATA RELIGI : MASJID AD DU’A 18.00 PENYEJUK HATI (RECORDED) 19.00 HOBIKU : PAINTBALL 19.30 OBROLAN SANTAI : WAYAN SUPADNO 21.00 ANAKIDDAH 21.30 RADAR MALAM (LIVE) 22.00 NONTON WAYANG SEMALAM SUNTUK

1

2

3

6

4

7

10

8 12

18

16

19

25

13

15

20 23

SMS Gombal

9

11 14

17

5

26

21

22

24

27

28

29

30

31 32

33 34

Co: Sayang, tahu nggak bedanya aku sama sinetron? Ce: Emang apa, Sayang? Co: Sinetron itu bersandiwara, kalau aku apa adanya.

36

37

42

43

48

39

41

44

45

49

52

47

46

50

51

53 54

Lembayung tergores kelam, menjelajah anganku pilu. Getar kasihmu dalam badai, tinggalkan mimpi menuju harapan untuk memilikimu, karena kamulah yang terbaik untuk diriku.

55

56

MENURUN

1. Medali untuk juara kedua 4. Tali gitar 7. Sudut pandangan 10. Kedudukan sebutan 12. Limpa 14. Bunyi tangga nada ketiga 15. Olahragawan 16. Unsur TNI 17. Mengenai tumbuhan 20. Meniadakan (asing) 23. Rusak akibat gesekan 25. Tidak tajam 28. Lemari 31. Roh jahat 32. Memotong tipis-tipis 33. Arena tinju 34. Tanduk rusa 36. Negeri jajahan 38. Jarak 40. Kantor berita resmi Jerman 42. Tempat penyimpanan barang-barang di mobil 45. Perintah Tuhan 48. Poros; sumbu 49. Menahan lapar dan haus dengan sengaja 50. Tanda mobil daerah Jogjakarta dan sekitarnya 52. Gurun pasir di Benua Afrika 53. Alat pemotret 54. Lazim 55. Angkasa 56. Lunas

2. Cara ayam menetaskan telur 3. Vonis yang dianulir 4. Secara garis besarnya saja 5. … Tasman (orang Belanda penemu Kepulauan Tasmania) 6. Bendungan di Sungai Nil, Mesir 8. Pelor 9. Pasangan anak panah 11. Nama sebuah bilangan 13. Pasak besi 18. Ruang angkasa 19. Puncak (Inggris) 21. Bangsa pribumi Vietnam 22. Sebuah provinsi di nusantara 23. Negara Eropa Barat yang beribu kota Tirana 24. Saingan; lawan berkompetisi 26. Andaikata; umpama 27. Universitas negeri di Jakarta 30. Pembuluh darah besar 34. Atas nama (singkat) 37. Sepersepuluh kilogram 39. Tiga 41. Orang yang memainkan wayang kulit 42. Perdagangan uang 43. Kantor berita Italia 44. Kijang khas Afrika 45. Air terjun 47. Hari raya umat Nasrani 48. Minggu 51. Kata ganti orang pertama tunggal

NGAKAK NGAKAK

Kupetik daun untuk kujadikan kertas. Kupatahkan ranting untuk kujadikan pena. Kuteteskan air mata untuk kujadikan tinta. Lalu, kutulis bahwa aku amat mencintaimu.

Kau boleh mengacuhkan diriku. Kau boleh melupakan diriku. Tapi, ketika kau ingin menemuiku. Lihatlah bayanganmu sendiri. Karena seperti itulah, aku akan selalu ada untukmu.

38 40

Jika kata dimulai dengan ABC, jika angka dimulai dengan 123, dan lagu dimulai dengan Do Re Mi. Maka, cinta itu dimulai dari Aku dan Kamu.

Terlihat rona mata yang indah terpancar dari bola matamu, ramah di kala menyapa, dan indah saat bertutur kata. Entah aku harus berkata apa, hati ini terpikat oleh pesonamu.

35

MENDATAR

Salah Duga SEPASANG suami-istri muda memiliki seorang anak yang sangat lucu. Setiap hari, istri dengan sabar dan dengan sepenuh hati berulang-ulang mengajar anak itu memanggil ”Bapak”. Sang suami merasa sangat terharu, mengira istrinya sangat baik hati menyuruh anaknya memanggil ”Bapak” dan bukan memanggil ”Ibu” lebih dahulu. Hatinya merasa sangat bahagia. Pada suatu malam buta yang dingin, anaknya menangis tiada henti-hentinya dan tiada putusputusnya memanggil ”Bapak”. Pada waktu itu, kedua suami-istri sedang tidur dengan nyenyaknya.

Sambil menyenggol dan mendorong tubuh suaminya, istri berkata, ”Tuh, anakmu sedang memanggilmanggil kamu. Ayo, cepat bangun, layanilah dia baik-baik.” Suami: $%#$@##$%$ (*)

Menawar Harga SEORANG pria menyuruh pembantunya yang bernama Sigit pergi membeli sebotol sampanye. Tak lupa, ia berpesan agar Sigit menawar hingga separo harga berapa pun juragan toko memasang harga. Sigit manggut-manggut menyatakan dirinya mengerti dan pergi ke toko.

Sigit: Pak, sampanye ini berapa harganya sebotol? Juragan: Rp160.000. Sigit: Ah, kok mahal sekali. Rp80.000 bagaimana? Juragan: Rp140.000 kulepas. Sigit: Aduh, Rp70.000 bagaimana? Juragan: ”Kalau begitu, Rp120.000 oke? Sigit: Apa bisa murahan Pak, Rp60.000 bagaimana? Juragan: Rp100.000 bagaimana? Harga ini adalah harga yang paling rendah dah. Sigit: Rp50.000 bagaimana? Juragan itu akhirnya marah besar. Juragan: Kalau begitu, sebotol sampanye ini kuberikan kepadamu dengan cuma-cuma dah. Sigit: Masak cuma sebotol? Berilah aku 2 botol dong! (*)

RADAR LAMPUNG General Manager: Purna Wirawan Pimpinan Perusahaan: Liris Vawina Manager Iklan: Desti Mulyati Staf Iklan: Leny Hartanti, Masriani, Edwin, Nike Armila, Gde Bayu, Deni (Administrasi), M. Shahib, Decky Hardodes (Design Iklan) Iklan Perwakilan Jakarta: Aspandar Nasution (kepala), Falma Manager Event Organizer (EO) Liris Vawina Staf Event Organizer Indah Sumaputri, Erwin Sajjah, Maria Ulfa Manager Pemasaran Abdul Karim Marlinda (Asisten Manager) Staf Pemasaran: Hery,Agus, Supriyadi, Adi Irawan,

Andriyanti Manager Keuangan: Sarri Octarini, Anna Susanti (kasir) ,Pas Irvanus (akunting) Manager Personalia dan Umum: Faradiba Staf Manager Personalia dan Umum: Roby Junasari, Aris, Hary, M. Rambe, Slamet Rianto Dewan Pengawas: Ardiansyah (Koordinator) Anggota Dewan Pengawas: Ismail Komar, Nizwar, Ibnu Khalid Penerbit: PT Wahana Semesta Lampung Komisaris Utama: Alwi Hamu

Wakil Komisaris Utama: Suparno Wonokromo Komisaris: Lukman Setiawan Direktur Utama: Dwi Nurmawan Direktur: Ardiansyah Wakil Direktur: Taswin Hasbullah, Abdurrahman, Sarri Octarini, Ade Yunarso Percetakan: PT Lampung Intermedia

Pemimpin Redaksi: Ary Mistanto Redaktur Pelaksana: Taufik Wijaya Redaktur Senior: Eko Nugroho

Agus Suwignyo (Pringsewu-Pesawaran) Yusuf A.,S. (Tulangbawang)

Poerbantara, Asep Supriyadi, Iwan N, Heru Kristanto, Khairul Amri, Handoko B.

Fajar Arifin (Lamteng), Abdurahman (Lamsel)

Penanggung Jawab Media: Ardiansyah

Redaktur: Taufik Wijaya (Korlip Kota) Adi Pranoto (Korlip Daerah) Irwansa, Alam Islam, M. Agus Purnomo

Hermansyah (Waykanan) Wirahadikusumah (Pesawaran)

Asisten Redaktur: Senen (Non Aktif), Widisandika, Nurlaila Yanti, Wirahadikusumah, Dina Puspasari

Gatra Yuda (Lampung Barat)

Alamat: Jalan Sultan Agung No. 18 Kedaton, Bandarlampung, Telp. (0721) 789750 - 782306 - 787987, Faks. (0721) 789752, 773930

Wartawan: Nurlaila Yanti, Eka Yuliana, Yuda Pranata, Dina Puspasari, Widisandika, Hayatullah, Nur Jannah, Ari Suryanto, Aji Saktiyanto, Adi Prayogi (Bandarlampung), Wahyu Syaifullah (Fotografer)

Copy Editor: Rudy Saputra, Syaiful Mahrum, Fatikhushiroth

Pencetak:

Dwi Prihantono (Metro)

Budi S.(kabag) Suparman, Z. Arifin, Pujianto, Jenianto, Alim, Joko

Kohar Mega (Lampura) Edy Herliansyah (Tanggamus)

Nurman Agung (Lamtim) Wartawan Jakarta: Kesumayuda

Kabag Pracetak: Riswadi Pracetak: Ripto D, Helmi Jaya (non aktif), Nopriyadi, Farabi Lincoln, Hendrawan

BNI Cabang Tanjungkarang No. Rek. 007.149.0467 BCA Cabang Telukbetung No Rek 0200.721.799 Bank atas nama PT Wahana Semesta Lampung Email: redaksi@radarlampung.co.id Homepage: www.radarlampung.co.id

ISI DI LUAR TANGGUNG JAWAB PERCETAKAN


26

IKLAN

SABTU, 9 NOVEMBER 2013


27

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

Bla..bla..bla..

Now Showing

3 Cewek Petualang

SATU lagi film horor Indonesia yang saat ini sudah tayang di Cinema 21 Bandarlampung. Setelah sebelumnya Dewi Persik tampil dalam film terbarunya berjudul Pantai Selatan, sekarang giliran ’’teman baiknya”, Julia Perez, yang hadir dalam film bertitel 3 Cewek Petualang. 3 Cewek Petualang berkisah tentang lima sahabat semasa sekolah bernama Sally, Lyla, Citra, Jubed, dan Randu. Mereka berencana melakukan reuni. Sally berencana mengajak teman-temannya tersebut berlibur ke sebuah pulau di daerah Belitong sebelum menikah dengan calon

Genre

: Horor

MPAA Rating

: Dewasa

Studio

: Mitra Pictures

Sutradara

: Chiska Doppert

suaminya, Denis. Dan, ini adalah kesempatan terakhirnya berlibur sebagai lajang. Untuk mengunjungi pulau tersebut harus ditempuh menggunakan motor yang hanya melayani pengunjung sesuai pesanan. Awalnya, mereka menganggap liburan itu sebagai petualangan yang seru. Sampai mereka mengalami beragam keanehan yang membuat mereka makin ketakutan. Ada angin badai yang tiba-tiba berembus, lalu hilang begitu saja. Lalu ada jejak kaki yang sangat besar, seolah raksasa lewat. Hingga mereka menemukan sebuah reruntuhan kerajaan. Satu per satu dari mereka pun mati dengan cara yang aneh. Mereka terjebak di pulau itu. Hingga akhirnya tinggal tiga orang dari mereka yang kini dikejar-kejar oleh sesosok makhluk. Liburan yang dianggap sebagai petualangan seru pun kini menjadi petualangan yang menakutkan. Mampukah mereka bertahan? Atau mereka pun mati? Saksikan 3 Cewek Petualang di bioskop kesayangan Anda. (dbs/ags/ p3/c1/wdi)

Produser

: H.M. Firman Bintang

Penulis Naskah

: Ratih Kumala

Pemain

: Julia Perez, Aura Kasih, Guntur Triyoga, Imaz Fitria,

NOVA YULIYANTI Nggak tau sih gimana filmnya.

ERIKA AYU Gue udah nonton dong. Nge-booking duluan lah pokoknya.

Dion Chaw, Dj. Reinov, Benny Riswandi

KINANTI Chris Hemsworth main filmnya benarbenar dihayati kali yah.

Coming Soon

The Avengers Age of Ultron

SETELAH mengalahkan Dewa Asgard Loki di film sebelumnya, kali ini para Avengers harus berhadapan dengan sebuah artificial intelligence bernama Ultron. Dalam komik Age of Ultron dikisahkan Ultron berupaya

membunuh penciptanya, Dr. Henry Pym (yang juga seorang superhero bernama Ant-Man), dan membinasakan umat manusia. Ultron lalu membuat sebuah android bernama Vision. Nah, Vision ini turut menyerang para Avengers. Namun pada akhirnya bergabung dengan mereka untuk mengalahkan Ultron. Chris Evans, Jeremy Renner, Chris Hemsworth, Mark Ruffalo, Robert Downey Jr., Scarlett Johansson, Samuel L. Jackson, dan Cobie Smulders akan kembali memerankan The Avengers dan tim S.H.I.E.L.D. Sementara banyak rumor mengatakan Aaron TaylorJohnson, Vin Diesel, dan Anthony Mackee akan memerankan Quicksilver, Vision, dan The Falcon dalam film ini. (dbs/ags/p3/c1/wdi)

Genre

: Aksi, petualangan, fiksi

Actor

: Chris Hemsworth, Robert Downey Jr., Scarlett Johansson, Jeremy Renner, Chris Evans, Cobie Smulders, Samuel L. Jackson, Mark Ruffalo, Anthony Mackie, James Spader

Director

: Joss Whedon

Producer

: Kevin Feige

Rilis

: 1 Mei 2015

Dongeng dari Negeri Asgard BANDARLAMPUNG - Pencinta Marvel Movie pasti tahu dengan karakter dalam film satu ini: Thor. Kali ini, sang Putra Odin akan kembali beraksi dalam film sekuelnya The Dark World. Di Bandarlampung, film ini cukup menyita para pencinta film. Buktinya, Cinema 21 sampai harus membuka dua teater untuk film tersebut. Dalam The Dark World, Thor (Chris Hemsworth) harus berhadapan dengan musuh yang superkuat, yakni Malekith. Monster ini begitu kuat, bahkan Odin dan pasukan Asgard tak mampu mengalahkannya. Tak hanya itu, Thor juga harus menyelamatkan kekasihnya, Jane Foster, dari marabahaya. Well, kira-kira gimana ya kehebohan remaja akan film yang satu ini? Berikut kita simak komentar dari X-readers. Menurut Citra Kirana, siswi SMA Al-Kautsar Bandarlampung, film ini memang pantas untuk menjadi perbincangan. Sebab, keseruan dari aksi petualangan Thor sangat patut diacungi

Judul THOR THE DARK WORLD Genre SUPERHERO, AKSI, PETUALANGAN Sutradara PATTY JENKINS Produser KENNETH BRANAGH, KEVIN FEIGE Penulis Naskah ROBERT RODAT, DON PAYNE PEMAIN Chris Hemsworth, Natalie Portman, Tom Hiddleston, Kat Dennings, Idris Elba, Anthony Hopkins, Stellan Skarsgard, Zachary Levi, Ray Stevenson, Jaimie Alexander, Tadanobu Asano, Christopher Eccleston, Adewale Akinnuoye-Agbaje, Alice Krige, Richard Brake, Clive Russell

jempol. ’’Pokoknya keren abis filmnya. Lagi pula nggak cuma dari segi alur cerita yang keren, tapi efek-efek film yang dibuat 3D itu membuat kita merasa masuk ke dalam film tersebut,” kata dia. Dewi Ratna Sudiyo mengamini pendapat Citra. Dewi memang kesengsem dengan Thor sejak film perdananya dirilis. Menurut dia, sekuel Thor lebih bagus dari film perdananya. Mutiara menambahkan, film Dark of The World mengajarkan sikap rela berkorban demi banyak orang. ’’Dan intinya dari film ini tuh nggak cuma sensasi nonton film doang, tapi ada manfaatnya juga kok. Yaitu mengajarkan kita untuk berkorban,” kata dia. Tapi, nggak semuanya lho suka dengan Thor. Dedi Mulyadi salah satunya. Menurut dia, film Thor biasa saja. Mahasiswa Politeknik Negeri Lampung ini lebih suka film-film yang dibintangi Bruce Willis. ’’Kalau menurut gue sih biasa aja. Filmnya Bruce Willis lebih keren,” tukasnya. (ags/p3/c1/wdi)

LEMAN Gue suka waktu Thor bisa mengalahkan Malekith dan pasukannya.

OKI ERIANDI Biasa aja sih sebenarnya. Mungkin karena heboh diperbincangin aja.


28

SABTU, 9 NOVEMBE NOVEMBER 2013

Tips

MUTIARAMU

Memilih Model Sesuai Bentuk Tubuh

Asli atau Imitasi? MUTIARA sangat disukai ai banyak banya y k wanita. Perhiasan dari kecantikan cantikan an bawah laut ini menjadi salah h satu perperhiasan eksklusif dan tidak murah urah bagi bagi kaum wanita. Sehingga banyak yak oran orang angg yang berusaha membudidayakan akan n proproses pembentukan mutiara di Indonesia. ndonesia sia. Proses yang berlangsung ng unt untuk n uk membuat mutiara memang tidak mudah dan memerlukan waktu tu se sedikit edik dikitt lama. Namun, dengan perkembangan mbang ngan an teknologi sekarang ini, mutiara tiaraa bis bisa dihasilkan an dalam dal alam am waktu relatif latif ssinging-ing kat dibandingkan ndiingk ngkan an yang dihasilkan hasil s kan an secara alami. lam mi. Pebisnis nis is gr grosi grosir osirr mutiara Lombok, Lom ombok bok, Lidya Elviana, vian na, mengatakan, n, aada da dua macam m mutiara. utiara uti ara.. Yakni mutiara utiaraa air air laut dan air tawar. taawar war. Harga mutiaraa air air Lidya Eliviana laut memang mang ng ber ber-beda dengan engan air air tawar. Yakni mutiara air lautt padaa kik saran di atas Rp500 ribu sampai ai ratusan san juta. ”Mutiara air tawar lebih h murah.. Mulai dari Rp100 ribu sampai pai jutaan rupiah,” kata Lidya yang juga ga owner Salon Paris House of Beautyy ini. Ia menambahkan, warna na alami dari mutiara air tawar yaitu pink inkk salem, putih, dan hitam. Untuk air laut, aut, yakni gold, putih, dan hitam. Jika ada da warna selain itu, berarti telah ditambah mbah pewarna dan akan kembali ke warna semula kalau mutiara asli. Lidya melanjutkan, banyak yak orang yang belum mengetahui perbedaan erbedaan mutiara air laut, air tawar, dan n imitasi. Ini perlu diketahui setiap calon n pembeli. Perbedaan mutiara asli dan palsu bisa dilihat dari asal-muasal. Di mana, butiran mutiara berasal dari ri kerang yang hidup di air laut atau air tawar. ”Sedangkan butiran mutiara iara palsu (imitasi) berasal dari buatan an pabrik yang menggunakan mesin n canggih dengan bahan plastik,” ujar perempuan erempuan berjilbab ini. Dari proses terjadinya, lanjut anjut dia, untuk menghasilkan butiran, n, mutiara laut memerlukan waktu sekitar itar 2,5–3 tahun. Sedangkan mutiara tawar 6–8 bulan. Mutiara imitasi hanya ya membutuhkan waktu kurang dari ri 24 jam dengan teknologi mesin yangg canggih. Ditilik dari perbedaan fisiknya, pembeli bisa melihat dari bentuk entuk dan beratnya. Mutiara laut relatif atif besar dan bulat. Ada juga yang berbentuk erbentuk oval, setengah bulat (mabe), dan an bentuk

BERIKUT adalah tips memilih perhiasan mutiara yang perlu diketahui.

tidakk ber tidak b beraturan er e atu uran an (b an ((baroq). aro ro roq). oq q)) Elemen q). Elemen El Eleme em eme m n bume buutiirannya raann nnyya p nnya pun un n san sangat g padat ga gat pa p padat. ada dat. dat Kemudian Kem mudi udian n mutiara mu mut utiar ut ia ara tawar ara ttawa awa war rrela relatif ela latif if if sedang dan angg dan dan kecil kec eciill serta ser se eerrtaa jarang jaa ang jar n ditemukan ng ditem di muka ukaan ben ntuk tuk yang yang n bu bulat ulat lat la at d da dan an b an besa besar. esssaarr.. Be esa Ben B Bentuk en ntuk tuk tu uk mutia tiara ara tawar, taw aw waar, arr, ya yyaitu aitu iittu b bu bulat, ulat ulat la , b bulat ul t ttida ula tidak ida daak dak sempurna, p rrna pu naa,, o oval, val aall, setengah sete teengah nga gah bulat, ga bula ul t, dan ul daan d n tidak tid i ak beraturan. ber eratu aatu tu uran ran an. Beratnya an an. Beratny era r tny nyya lebih lebi bih ringan ring nggan ngan n darip ripada pada da mu mutiara uttiaara r laut lau la aau utt dengan dengan en eng n an uku u ukuran kuran rraan yangg sama. yan sama sama m . Sedangkan Sed S dang angkan an ka an n mutia m mu mutiara utiara tiarra tia a imi im imitasi miitas m t i benta been ennn tukny tuk nya n a ssangat ny ang an ngatt sem sempurna. eem mpur pu purna. urna. na ”Bulatnya ”Bula ”B ulatny ttn nya ny sem em mpurna, pu urna na,, u ukurannya kur kur urann ann nya ya ttid tidak id dakk te dak ter terbatas erbat er baaataass b da arii yang yan an ng tterkecil erk rrk kecil eciil sampai sam amp mp pai ai terbesar. ai ter te ter e bes be essa ar. ar r. r. K rena Ka ren e a mutiara muti u ara ut ara imitasi im mita ita it tasii ini tasi in nii dibuat n dibu dibua di bua b u uaat oleh uat oleh leh le eh mesin me sin in n pabrik. pabri pa bri bri r k. k Art A Ar Artinya, rttinya, iiny nyya, a, ttid tidak id idak ak ter tterjadi te eerrjja jad ad adi kaaren rena na alami alam alam am mi dan dan an dapat dap dap pat at mengel men m mengelupas e gel en geelupa upas paas warrnanya,” naanya ya,”” kat kkatanya. katany atany nyya. n a Lidya Lid idya id y melanjutkan, ya mela mel an anj n njjutk uttka an, an n, warna n wa arn rn dan rna da d a an n lapisan bisa pan ntulan tula ull n cahaya ccaha ahayya aha ya lap ap a pisa sa san an jjuga ug uga ga g a bi b issa a mem mb beda bedakan eda edakan d kan an jje jenis eni niis mu nis m mutiara. utia ti ra. ra. Di ra Di ma m mana, an na, na a, a mutiara tiaara laut lau lau ut memiliki memi em miillik m lliiikki ki ciri ciri irii khas kh has as warna waarna war w aarrna na yang yan a g aalami, lami, lam am mi, i, yyai ya yaitu a tu tu gold, go gol go old, putih, puti utih, h, h hit hitam, ittam, tam aam, m,, m warna lain dan n sil ssilver. ilver lver v . Adapun ve Adap dap pun un war un w arna arrna na llai la aaiin ttidak ida id ida dak dak jjauh jau a h dari dari arri warna w rna wa naa itu. itu. it u. u. Pantulan P Pan ntul tul tulan ulan cahayanya cahaya ca cah ah haya ay nya ya pun pun lebih pu leb leb eebi b biih kuat. kua at. Ke Kemud mud mu mudian ud u dian an n la lapisan apissaan n nacre nac na n a accre re (lapisan (la l pis isan sa te terlua ter terluar errluar lua uar m mu utiar ttiara) iaara) iar ara)) lebih leb leb le ebih ih tebal teb bal a jik jika ad dibandingkan ib iba bandi ndi dingk ng gk g kan an mutia mu tiara iara ia raa air irr tawar. tawar tawar ta w . Untuk U Un Unt uk k mut mutiara utiar tiiar a ra a air ir ir tawar, taw a be berwarna erwa waarn rna na putih, n pu put uti tih, tih iih h, pink, pink pin k, h hitam, it m, ita m ora or orange, ang nge ggee, kunin ku ning, g silver, sil i ver er, er r dan dan n lain lai nnya nya yang yan a ttidak ida daak jauh jau h da dari ri warna w rnaa itu. warn itu ttu. u.. u Pantulan Pantul Pan tulan an n ca caha haya yyaa nya kura rang n kua k ku kuat ua u at dibandingkan bandin ban dingka gkan nm muu-u tiara tia ara laut. laut. Nah,, untuk Nah u ntu n ttu uk yang yan ng iimitasi, mittasi assii, ada as ad daa berbagai berba gai g ga a aii warna wa w arrn rna na n a tanpa pa ter pa teerrke kkecuali. kecua eccua cu u uaalli. i. i. Ka a rena ren ena d dibu dibuat ibu bu b u at at oleh ole leeh mesi m mesin, esin, esi n, maka maak mak aka ka para par pa ara de deessainer sainer aiiner ain e mumu m u-ttiara tia iara r be ra b bas baas se sesuka esu suk uka uk hatii mem ha hat mem embua buat bu b bua uat m muuutia iaara r palsu paalsu su de dengan nggan an war arrna n ap apa pa p pun. un. un n K Ke Keemillau au dan dan pan pan antulan tul tu ullan u n mutiara mutiar iar ara ar a palsu pals l su p pun un u n purna, sangat at sem s e m purn se p urn u rn r na, rna, a, mencolok okk dan daan ce cemermerr lang. ”Atau bisa a juga juga ga jika jiika ji ka ka ingin mengetahu hui ui aanta antara nta n taaraa mutiara asli dan n pal palsu, allsu, su u,, u dibakar saja mutiaranya. tiara anya a. Jika imitasi, mutiara akan aka kan an n meleleh. Jika asli, mutiara mutiiar ara ra a tidak gosong dan tetap padaa bentuk semula,” ungkapnya. Jadi ladies, jangan mudah tertipu ya! (cw5/p6/c2/dna)

KALUNG Kebanyakan wanita Indonesia memiliki tubuh yang tak begitu tinggi. Model perhiasan mutiara yang berbentuk V merupakan pilihan yang pas untuk membuat tu buh terkesan lebih tinggi. Kalung mutiara berbentuk V itu akan berada tepat di dada. Jika memilih kalung mutiara dengan model U, tubuh akan terkesan pendek. Kalung U akan tepat berada pada tulang dada sehingga tubuh terlihat lebih pendek. Ukuran kalung pun memengaruhi penampilan. Wanita dengan tubuh besar, kenakan kalung mutiara dengan model tebal. Sebaliknya, tu buh mungil perlu menghindari kalung dengan bentuk tebal, lebar, dan besar. ANTING Pemilihan anting perlu memperhatikan bentuk wajah. Jika memiliki wajah oval, ben tuk an ting mutiara apa pun cocok untuk diFOTO FATRISIA PUTRI/MODEL: YUSTINIA

29 OKTOBER - 11 NOVEMBER

kenakan. Jika memiliki wajah berbentuk panjang atau kotak, pilih anting mutiara yang berbentuk bulat, simpai, atau oval. Juga bisa memilih giwang dengan ukuran yang mungil agar wajah kotak terlihat lebih lembut. Hindari pemakaian anting dengan bentuk menjuntai. Bagi wanita yang berwajah bulat, tentunya akan lebih cantik jika mengenakan anting dengan bentuk panjang dan kotak. Wanita dengan wajah berbentuk hati cukup memilih anting mutiara dengan model segitiga.

GELANG Gelang mutiara juga merupakan perhiasan yang banyak diminati kaum hawa sekarang ini. Gelang berukuran kecil cocok dikenakan wanita yang bertubuh mungil untuk menghadiri acara formal. Bisa memilih gelang mutiara yang dipadukan dengan emas atau permata. Jika Anda wanita dengan tubuh besar, pilih model perhiasan mutiara dengan kesan tebal, besar, dan lebar. Jika menyukai perhiasan yang mungil, gabungkan saja beberapa gelang mutiara agar terlihat lebar. CINCIN Pemilihan cincin pun tidak boleh asal-asalan jika ingin jemari terlihat manis dan mewah. Cincin mutiara yang menutupi buku jari akan membuat jari terkesan lebih pendek. Sebaiknya menghindari model cincin itu. Wanita dengan jemari pendek bisa memakai cincin yang dengan model ikatan oval. Cincin untuk jari dengan model perhiasan mutiara yang berbentuk ikatan bulat serta lebar cocok dikenakan wanita dengan jemari panjang dan besar. (net/p6/c2/dna)


RADAR LAMPUNG | Sabtu, 9 November 2013