Issuu on Google+

28 HALAMAN/Rp3.000,-

RABU, 9 APRIL 2014

Empat Cagub Optimistis Ada yang Santai, Hampir Semua Gelar Pengajian

MENUJU BE 1

Kemungkinan Satu Putaran NASIB Provinsi Lampung untuk lima tahun ke depan akan ditentukan hari ini (9/4). Jalan panjang usaha empat pasang calon gubernur-wakil gubernur (cagub-cawagub) untuk menarik hati 5.868.304 penduduk yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) juga akan segera diketahui ujungnya. Sebagian kalangan meyakini Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung akan berlangsung menarik. Kekuatan calon yang relatif merata menjadi dasar

Menjelang pemungutan suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung hari ini (9/4), empat calon gubernur (cagub) punya cara tersendiri untuk melakukan persiapan, baik fisik maupun mental. Seperti apa?

Baca KEMUNGKINAN Hal. 4

RUMAH megah di kompleks Perum Villa Citra, Bandarlampung, kemarin tampak ramai. Di depannya berjejer mobil tamu lengkap dengan tarub berukuran cukup besar. Kesibukan makin terlihat

PEMILU U 2014

Siapkan pkan Sken Skenario nario K Koalisi oalisi PETA TA A koalisi partai-pa partai-partai artai politik tik makin makkin in terlihat terli te rlihat rli lihat h ha seiring dengan berakhirnyaa proses pemungutan pemun mungut gut uttan n suara sua uarraa ua pemilu legislatif (pileg) harii ini (9/4). Hasil Hasil reka rekkapi apitulasi ap piitu tu tulas laassi sementara tara ataupun proses quick countt ak akan an n dij dijadikan jad adi adi d kan kkaaan n pertimbangan bangan arah koalisi u untuk ntuk pertaru pertarungan ung nga gan pem p pemilu em miillu m u presiden en (pilpres) pada Ju Juli uli 2014.

Baca EMPAT Hal. 4

Menyelam dengan Hiu Jinak di Papua

Baca SIAPKAN Hal. 4

Berdansa dengan Hantu Laut

BAYERN V MAN. UNITED

Gerus Strategi Parkir Bus STRATEGI apa yang paling pas untuk meredam tim dengan agresivitas tinggi dan penguasaan bola yang sangat kuat? Sudah pasti, bertahan total dan mencuri peluang melalui serangan balik.  Nah, strategi itu sukses diterapkan Manchester United ketika mereka menahan imbang Bayern Muenchen 1-1 pada leg pertama babak perempat final Baca GERUS Hal. 4

dari lalu-lalang orang dengan wajah semringah. Demikian sekilas gambaran kediaman cagub M. Ridho Ficardo. Sehari sebelum pilgub digelar, Ridho tampak ramah dan santai menerima sejumlah wartawan. Kemarin, Ridho lebih banyak mengumbar senyum dan tampak santai. Dia juga terlihat lebih banyak menerima tamu, bercengkerama dengan kolega, dan berkumpul dengan keluarga. Saat ditemui, ketua DPD Partai Demokrat (PD) Lampung ini mengenakan kaus warna biru muda bergambar panah. Dia didampingi Sekretaris DPD PD Fajrun Najah Ahmad.

ILUSTRASI HANDOKO/RADAR LAMPUNG

Pernah melihat film Jaws, Monster Shark, atau Shark Attack? Film thriller itu punya lakon yang sama, hiu berukuran raksasa yang buas dan haus darah. Nah, gambaran yang sangat umum tentang hiu itu membuat siapa saja akan geleng-geleng kepala saat mengunjungi perairan Kwatisore yang masuk area Taman Nasional Teluk Cendrawasih (TNTC) di atas kepala burung Pulau Papua.

JAWA POS (grup Radar Lampung) yang mengikuti perjalanan tim World Wildlife Fun (WWF) Indonesia pada 19–21 Maret 2014 menyaksikan dan merasakan sendiri bagaimana perangai hiu-hiu di Kwatisore berkebalikan 180 derajat dengan yang ditampilkan dalam film-film Hollywood. Di sana, hiu yang masuk jenis whale shark atau hiu paus atau yang bernama lokal gurano bintang itu sangat jinak, kalem, dan senang berinteraksi dengan manusia. Meski tampilannya tetap seram, bahkan hiu paus bisa Baca BERDANSA Hal. 4


2

RABU, 9 APRIL 2014

SELULER

Suku Bunga Tak Beralih

XL Awards 2014 PT XL Axiata Tbk. kembali menggelar lomba karya tulis, foto, dan jejaring sosial, XL Awards 2014. Kegiatan bertujuan mendukung dan mendorong kreativitas para wartawan dan masyarakat umum untuk turut menyumbangkan ide, masukan, gagasan, dan pemikiran kreatif dalam bentuk tulisan serta foto mengenai perkembangan telekomunikasi dan aplikasinya dalam kehidupan masyarakat Indonesia sehari-hari. XL Awards 2014 ini merupakan penyelenggaraan yang ke-9, dengan total hadiah mencapai Rp192 juta. Vice President Corporate Communication XL Turina Farouk mengatakan, perkembangan teknologi telekomunikasi saat ini begitu pesat. Mayoritas masyarakat dari berbagai usia pun menggunakan ponsel atau smartphone dalam menjalankan aktivitas sehari-hari mereka. Melihat kondisi tersebut, pihaknya tertantang untuk mencoba mengeksplorasi gagasan, ide, dan pemikiran-pemikiran kreatif dari para peserta melalui pemilihan tema Transformasi Teknologi Komunikasi sebagai Kebutuhan Primer Masyarakat Indonesia. ’’Kami juga berharap penyelenggaraan lomba XL Awards 2014 ini memberikan kontribusi yang positif bagi perkembangan dunia telekomunikasi di Indonesia,” ujarnya. (ynk/p3/c1/wan)

EMAS ANTAM

Turun Rp1.000 HARGA logam mulia jenis batangan produksi PT Aneka Tambang (Antam) saat ini tidak dalam kondisi stabil. Sebab naik-turun, bahkan cenderung mengalami penurunan. Seperti dua hari terakhir ini, harga jual emas mulia batangan itu masih di kisaran Rp530 ribu per gram. Padahal pada awal April, harga emas Antam masih di kisaran Rp531 ribu per gram. ’’Per gramnya turun sekitar Rp1.000,” ujar Analis Kredit Pegadaian cabang Bogor Muhammad Irfandi kemarin. Menurutnya, harga itu akan bertahan beberapa hari ke depan. Sementara untuk harga beli kembali (buy back) tidak mengalami peningkatan ataupun penurunan karena cenderung stabil di angka Rp460 ribu per gram. ’’Akan seimbang biasanya, tidak jauh beda harga jual dan harga buy back,” ucapnya. Walaupun situasi negara secara politik maupun ekonomi lebih stabil dan aman, lanjut dia, harga logam mulia tidak dipengaruhi. Pasalnya, harga emas lebih dipengaruhi situasi pasar dunia dan nilai tukar rupiah terhadap dolar. ’’Pasar dunia yang lebih berperan dalam menentukan harga logam mulia. Salah satu faktor yang menyebabkan turunnya harga emas karena suku bunga di Amerika sedang naik,” paparnya. (jpnn/ p3/c1/wan)

CADANGAN DEVISA

FOTO YUNIKE PURNAMA PUTRI

OPEN HOUSE MOBILIO: Konsumen Lampung menyambut antusias open house Honda Mobilio di showroom Honda Lampung Raya, Jl. Raden Intan, Bandarlampung, Minggu (6/4).

Tahun Ini Melambat, Tahun Depan Menanjak

Penurunan Masih Aman

Siklus Bisnis Properti Lampung

KENDATI ada penurunan tipis tingkat cadangan devisa (cadev), Bank Indonesia (BI) menilai angka kecukupan pundi-pundi valas tersebut masih baik. Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara mengatakan, posisi cadev tersebut dapat membiayai 5,9 bulan impor atau 5,7 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor. ’’Kami menilai level cadangan devisa itu masih mampu mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan,” ungkapnya kemarin. BI merilis angka resmi cadangan devisa yang menurun pada Maret 2014. Yakni menjadi USD102,6 miliar dari Februari yang sebesar USD102,7 miliar. ’’Penurunan cadangan devisa terutama dipengaruhi kewajiban pembayaran obligasi global pemerintah yang jatuh tempo pada Maret 2014,” terangnya. Sebelumnya, Deputi Gubernur BI Halim Alamsyah menerangkan, posisi penurunan tersebut cenderung stabil. (jpnn/p3/c1/wan)

BANDARLAMPUNG - Di tengah tahun politik saat ini, bisnis properti diprediksi mengalami perlambatan dengan mengalami penurunan sekitar 15 hingga 25 persen. Para pengembang diyakini melakukan aksi wait and see sembari memantau kebijakan pemerintahan baru yang terpilih nanti. Kondisi ini pula salah satu pemicu keputusan DPD Real Estate Indonesia (REI) Lampung mengundurkan waktu pelaksanaan REI Expo. Pameran perumahan terakbar di Lampung yang sedianya digelar April ini terpaksa dihelat Mei 2014 atau usai pemilu. Ketua DPD REI Lampung Tata Indra menjelaskan, selain faktor

pemilu, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan bisnis properti melambat. Yakni naiknya tingkat suku bunga acuan (BI rate) yang mendongkrak suku bunga kredit, serta peraturan baru loan to value (LTV) yang dikeluarkan Bank Indonesia. ’’Jika dilihat dari siklus properti, tahun ini bisnis properti Lampung memang sedang turun. Tetapi tahun mendatang, siklusnya diramalkan menanjak lagi,” ungkap Tata. Melihat permasalahan yang terjadi, REI Lampung akan mengupayakan penurunan bisnis properti Lampung tidak terus terjadi. Salah satu strategi yang diambil yakni menyelenggarakan REI Expo pada Mei 2014. Even ini diharapkan mampu menyerap lebih besar pangsa pasar properti Lampung.

’’Kami tetap optimistis penyelenggaraan REI Expo akan memberikan kontribusi yang baik bagi peningkatan bisnis properti. Target kami Rp75 miliar. Sampai saat ini, animo pengembang terlihat besar. Tercatat ada 35 pengembang yang terdaftar dari 40 stan yang disediakan panitia,” bebernya. Direktur CV Graha Nusantara Permai (GNP) Azwan Prabu menyambut baik diadakannya REI Expo tahun ini. Dia mengatakan, melihat kondisi di tengah polemik turunnya nilai bisnis properti tahun ini, prinsipnya pengembang tetap mengharapkan terjadi kenaikan walaupun tidak secara signifikan. ’’REI Expo tahun ini akan menjadi jembatan strategis untuk para pelaku bisnis properti. Diharapkan REI dapat mengemas konsep promosi yang lebih kreatif dan inovatif agar

dapat menarik minat konsumen. Yang tadinya tidak tertarik menjadi tertarik dan membeli karena adanya program menarik selama REI Expo,” tandasnya. Seperti diketahui, Pameran properti itu berlangsung pada 5–18 Mei 2014 di Chandra Superstore Tanjungkarang. Even tahunan ini memberi angin segar bagi masyarakat yang ingin memiliki rumah idaman sesuai keinginan. Apalagi, harga properti tiap tahunnya mengalami kenaikan. Ketua panitia Lukman Nurhakim mengungkapkan, kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang digelar dua kali. ’’Tahun ini, kami sudah menggelarnya pada Februari 2014 di Mal Kartini. Pameran keduanya di Chandra pada 5-18 Mei 2014,” sebut Lukman. (ynk/ p3/c1/wan)

JAKARTA - Awan cerah melingkupi ruang ekonomi pada awal kuartal kedua ini. Sebab, Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) memutuskan untuk mempertahankan tingkat suku bunga acuan (BI rate) sebesar 7,5 persen. Selain bunga acuan, suku bunga lending facility dan suku bunga deposit facility masing-masing tetap pada level 7,5 dan 5,75 persen. Otoritas moneter menilai kebijakan yang konsisten tersebut masih dapat mengarahkan inflasi ke sasaran 4,5 persen plus minus satu persen pada tahun ini. Dan juga sasaran inflasi 4 persen plus minus satu persen pada 2015. Direktur Eksekutif Departemen Hubungan Masyarakat BI Tirta Segara mengatakan, perekonomian Indonesia makin bergerak ke arah yang positif dan sesuai perkiraan. Hal ini ditandai dengan tren inflasi yang menurun. ’’Inflasi Maret tercatat lebih rendah dari ratarata inflasi dalam enam tahun terakhir,” ungkapnya kemarin (8/4). Konsolidasi data BI menunjukkan, inflasi indeks harga konsumen (IHK) sebesar 0,08 persen month to month (mtm) atau 7,32 persen year on year (yoy). Angka tersebut menurun dibandingkan inflasi Februari 2014 yang sebesar 0,26 persen mtm atau 7,75 persen yoy. Berdasarkan catatan Jawa Pos (grup Radar Lampung), Maret yang merupakan masa awal panen raya memang selalu membukukan inflasi rendah, bahkan deflasi seperti pada 2010 dan 2011. Anomali pada Maret hanya terjadi pada 2013. Dipicu tingginya harga bawang merah dan bawang putih lantaran kekurangan pasokan. Kondisi itu sempat menjadikan inflasi tertinggi dalam lima tahun terakhir sejak 2008 lantaran kenaikan BBM. (jpnn/p3/c1/ wan)

KURS TRANSAKSI Per Selasa, 8 April 2014 MATA UANG AUD BND CAD CHF CNY DKK EUR GBP HKD JPY KRW KWD MYR NOK NZD PGK PHP SAR SEK SGD THB USD

NILAI

KURS JUAL

1.00 1.00 1.00 1.00 1.00 1.00 1.00 1.00 1.00 100.00 1.00 1.00 1.00 1.00 1.00 1.00 1.00 1.00 1.00 1.00 1.00 1.00

10,543.10 9,019.92 10,362.87 12,805.32 1,847.32 2,092.38 15,622.57 18,886.88 1,465.56 11,048.90 10,79 40,390.90 3,480.63 1,897.97 9,806.58 4,313.40 253,22 3,030.69 1,741.89 9,019.92 350,48 11,366.00

KURS BELI 10,436.23 8,928.74 10,253.33 12,672.60 1,828.79 2,071.20 15,463.62 18,694.07 1,450.67 10,934.89 10,67 39,914.86 3,442.56 1,877.84 9,701.47 3,994.46 250,66 3,000.21 1,723.63 8,928.74 346,54 11,252.00

SUMBER: BANK INDONESIA

Mengusung Konsep Cluster Nuansa Baru BANDARLAMPUNG - PT Dirgantara Alam bersama Konsultan Marketing Graha Nusantara Permai (GNP) –pengembang Perumahan Bumi Citra Estate (BCE)– menjanjikan hunian asri bernuansa alam yang tidak akan didapatkan di perumahaan lain. Selain menjamin kualitas bangunan terbaik, Bumi Citra Estate di Jl. Citra, Gunungterang (Gg. PU), Bandarlampung, juga mengusung konsep cluster nuansa baru. Yakni dengan ciri khas empat taman terbuka. Juga dilengkapi fasilitas lain yang dijamin membuat penghuninya semakin tertarik memilikinya.

’’Perumahan Bumi Citra Estate memang dibangun dengan mengutamakan konsep baru yang menonjolkan keasrian. Hunian di sini menjamin kenyamanan para penghuninya. Ini dikarenakan letaknya meski di tengah kota, masih memiliki keeksotisan alam yang asri,” ujar Kepala Konsultan Marketing GNP Azwan Prabu kemarin (8/4). Perumahan Bumi Citra Estate menempati areal seluas 21.353 meter dan telah dibangun 30 unit. Rencananya, perumahan ini dibangun 90 unit yang melanjutkan pembangunan untuk tiga tipe yang telah ada. Yakni tipe 38 (57 unit), tipe 54 (41 unit),

dan tipe 72 (22 unit) ’’Dipastikan dari 90 itu bakal menjadi hunian terbatas yang banyak diminati. Karena ditargetkan akhir tahun ini habis terjual,” ungkapnya. Fasilitas lengkap yang diberikan di antaranya lokasi yang strategis dekat dengan pusat pendidikan, pusat kuliner, dan pusat kegiatan ekonomi yang terpusat di Jl. Z.A. Pagar Alam, Bandarlampung. Ini menjadi keunggulan tersendiri bagi cluster di kelasnya. Selanjutnya fasilitas pada area cluster yaitu drainase terintegrasi bawah tanah, aspal lebar 10 meter, masjid dan area bermain, hingga pengamanan CCTV 24 jam yang akan mem-

berikan jaminan pada penghuninya ketika tidak berada di rumah. Tak hanya itu, Perumahan BCE juga memberikan kemudahan dalam kepemilikan. Ada dua program promo menarik sekaligus yang disuguhkan. Untuk 10 pembeli pertama, program promonya yakni memiliki rumah impian hanya Rp14 Juta. Ada juga program angsuran ringan hanya Rp 1,4juta dengan subsidi angsuran sebesar Rp 1 Juta/bulan. ’’Untuk informasi, bisa datang langsung ke marketing office di Jl. S. Parman No. 23 F, Bandarlampung, atau menghubungi 0721 259785/0812 7258 7755,” papar Azwan. (ynk/p3/c1/wan)


3

RABU, 9 APRIL 2014

Kompensasi Bonus Pulsa 50 Persen

LUNCURKAN PRODUK BARU

FOTO YUNIKE PURNAMA PUTRI/RADAR LAMPUNG

Seorang model berpose dengan mengendarai New Honda Vario FI disaksikan manajemen Astra Honda Motor (AHM) dan PT Tunas Dwipa Matra (TDM) di halaman parkir Pascasarjana UBL, Bandarlampung, kemarin.

Honda Tuntaskan Komitmen Injeksi LUNCURKAN NEW VARIO FI DAN NEW BLADE 125 FI BANDARLAMPUNG – PT Astra Honda Motor (AHM) terus memperkuat kontribusinya dalam menciptakan udara bersih. Di antaranya dengan menuntaskan komitmen untuk melengkapi seluruh produknya dengan teknologi injeksi, PGM-FI (Fuel Injection). Dua model baru berteknologi PGMFI diluncurkan AHM sebagai puncak implementasi komitmen itu. Yaitu New Honda Vario FI dan New Honda Blade 125 FI. Menggunakan produk Honda, utamanya kedua produk baru itu, pengeluaran konsumen dapat lebih dihemat. Karena konsumsi bahan bakar minyak (BBM) motor Honda menjadi lebih hemat. Apalagi perawatan komponen PGM-FI Honda yang mudah dengan garansi 5 tahun. Hal ini jelas semakin meringankan beban konsumen. Terpenting, konsumsi BBM yang lebih hemat ini juga mampu semakin menekan kadar CO2. Kadar emisi yang lebih rendah ini akan berkontribusi terhadap lingkungan yang lebih baik untuk masyarakat Indonesia. ’’Dua produk baru berteknologi injeksi dari 13 produk lainnya, New

Honda Vario FI dan New Honda Blade 125 FI, bukan hanya sebagai penutup misi kami tuntaskan komitmen injeksi. Tapi, model-model ini juga memiliki daya tarik tersendiri. Kami sangat bangga dapat melengkapi misi kami melalui kedua model ini. Kami optimistis model-model ini akan menjadi pilihan favorit konsumen Lampung,” ungkap Sales Manager PT Tunas Dwipa Matra (TDM) Dimas Gentur Trigoyo kepada Radar Lampung kemarin (8/4). Pihaknya optimistis akan mencapai target penjualan hingga 500 unit per tipenya. Hal itu didasari dengan usainya menuntaskan komitmen injeksi berteknologi PGM-FI untuk seluruh produk Honda. Ini akan menjadi nilai jual yang tinggi untuk merangkul segmentasi pasar konsumen New Honda Vario FI dan New Honda Blade 125 FI yang sangat cocok konsumen berjiwa muda. Keunggulan dari kedua produk Honda itu jangan diragukan lagi. Pasalnya, dilengkapi berbagai fitur canggih. New Honda Vario berteknologi PGM-FI dibanderol Rp15.750.000. ’’Selain mengimplementasikan teknologi PGM-FI, model ini tampil dengan desain baru dan memelopori

pengaplikasian fitur-fitur canggih. Yaitu answer back system dan dual keen eyes LED headlight,” ujarnya. Tersedia lima pilihan warna. Yaitu Titanium Black, Lunar Red, Glazy White Red, Sonic White Blue, dan Swift White Silver. Berbagai fitur answer back system yang baru kali pertama diaplikasikan pada sepeda motor yang diproduksi di Indonesia memberikan kemudahan bagi pengendara untuk mencari motor di lokasi parkir. Dengan menekan tombol pada remote, motor akan memberi respons suara sekaligus semua lampu sein akan menyala. Kemudian lampu dual keen eyes yang kini dilengkapi LED mampu memberikan keunggulan yang lebih baik bagi pengendara melalui intensitas cahaya yang lebih terang 80% dibanding lampu biasa. Combi brake system juga diaplikasikan sebagai fitur canggih pada Honda Vario FI untuk mengoptimalkan pengereman yang maksimal pada kedua roda sehingga aman di berbagai kondisi. Kemudian untuk kelebihan New Honda Blade 125 FI hadir dengan aura balap yang kental. Motor ini dipersembahkan untuk para pencinta balap

Honda yang aktif dan berjiwa muda. Dengan pilihan warna seperti tampilan terbaru Honda RC213V yang digunakan tim Repsol Honda saat berlaga di MotoGP. Kemudian pilihan warna tricolor yang terinspirasi dari DNA balap Honda. New Honda Blade 125 FI dilengkapi dengan mesin baru 125 cc, SOHC berteknologi PGM-FI, memiliki akselerasi tinggi, berperforma tinggi, serta tetap hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Mesin baru yang diusung mampu menghasilkan kecepatan maksimum, yaitu 100,7 km/jam dan akselerasi 12,6 detik untuk menempuh jarak 0-200 meter. Konsumsi BBM yang dihasilkan pun lebih irit 36% dari model sebelumnya, yaitu 61,8 km/liter. ’’Harga New Honda Blade 125 FI S Rp15.952.000 dengan 2 pilihan warna. Yaitu Winning Red dan Sporty RWB. Sementara itu, New Honda Blade 125 FI R sebagai varian double disc brake dipasarkan dengan harga Rp16.438.000 dengan dua pilihan warna, Winning Red dan Sporty RWB. Kemudian Rp16.638.000 untuk varian warna Blade Special Racing Edition,” ungkapnya. (ynk/p3/c2/wan)

JAKARTA – Sebagai bentuk permintaan maaf kepada pelanggan atas gangguan layanan yang terjadi pada Kamis (3/4), Indosat memberikan kompensasi kepada para pelanggannya. Kompensasi yang diberikan berupa bonus tambahan pulsa 50 persen dari nominal pengisian pulsa. Ini berlaku untuk pelanggan di seluruh Indonesia yang mengisi pulsa pada 7–9 April 2014 serta hanya ditujukan untuk pelanggan IM3 dan Mentari. ’’Sebagai bentuk kepedulian kepada pelanggan setia Indosat, kami tetap menjaga komitmen untuk memberikan layanan terbaik. Terima kasih untuk tetap setia menggunakan Indosat,” demikian keterangan pihak Indosat melalui situs resminya. Adapun bonus pulsa berlaku selama 3 hari setelah bonus diterima terhitung dari tanggal pengisian pulsa dan tidak dapat ditransfer ke nomor lain. Pelanggan dapat mengecek bonus pulsa melalui nomor *555*9#. Bonus pulsa juga hanya dapat digunakan untuk panggilan telepon dan SMS ke semua operator dalam negeri.

Sebelumnya upaya Indosat untuk recovery dari gangguan jaringan beberapa waktu lalu diapresiasi oleh Masyarakat Telekomunikasi (Mastel). ’’Upaya Indosat yang sigap dan telah bekerja keras mengatasi masalah jaringan internet ini sehingga bisa mengembalikan layanan seperti semula patut diapresiasi. Mastel memberikan acungan jempol kepada Indosat,” ujar Eddy Thoyib, executive director Mastel. Meski Indosat cukup lama memperbaiki gangguan itu, Eddy melihat kerja keras yang ditunjukkan Indosat. ’’Kerja keras Indosat ini terbilang luar biasa. Karena itu, Mastel memberikan apresiasi,” katanya. Eddy menampik jika gangguan internet ini karena Indosat sudah membajak 415.652 prefiks internet sebagaimana dilansir firma internet BGP Monitoring. ’’Itu jelas tidak benar dan menyesatkan bagi masyarakat. Kalaupun dijelaskan, tentu sangat teknis sekali. Yang lebih penting, Indosat telah memperbaiki dan mengembalikan layanan seperti semula,” ungkapnya. (jpnn/p3/c2/wan)


BERITA UTAMA

4 Kemungkinan...

Dari Hal. 1

keyakinan ini. Namun, sebagian lainnya memprediksi Pilgub Lampung hanya akan berlangsung satu putaran. Dua akademisi Universitas Lampung (Unila), Dr. Suwondo dan Dr. Deddy Hermawan, meyakini pilgub akan berlangsung satu putaran. Sementara akademisi Unila lainnya, Arizka Warganegara, memprediksi pilgub akan berlangsung ketat sehingga membutuhkan dua putaran untuk menentukan gubernur terpilih kelak. Suwondo, misalnya. Menurut dia, kekuatan empat pasang calon tak merata. Prediksi itu didasarkan pada kajian sejumlah penelitian. ’’Saya perkirakan satu putaran. Karena penelitian teman-teman, ada calon yang di atas 30 persen. Saya tak menyebut nama. Tidak etis. Yang lain berkisar 21–22 persen,” katanya kepada Radar Lampung kemarin. Meski demikian, dosen FISIP Unila ini tidak menutup kemungkinan terjadinya dua putaran jika ada faktor pendukung. Faktor ini, antara lain, jika calon yang potensi perolehan suaranya rendah tiba-tiba melakukan manuver politik yang bagus. ’’Tapi, kalau seminggu atau setengah bulan lalu manuvernya, saya kira sulit berubah,” ujarnya. Dalam kacamatanya, kecenderungan setiap calon akan memperkuat basis massa tetap ada. Sebab, dari basis massa itulah, menurutnya, para calon bisa berharap banyak. Misalnya, cagub Herman H.N. yang menjabat wali kota Bandarlampung. ’’Suka tidak suka, orang Bandarlampung akan mendukung dia. Pak Lukman (Lukman Hakim, wali kota Metro/cawagub berpasangan dengan M. Alzier Dianis Thabranie, Red) juga begitu. Bachtiar Basri (bupati Tuba Barat/cawagub berpasangan dengan M. Ridho Ficardo, Red) kemungkinan juga akan didukung penuh warga Tuba dan Tuba Barat,” ungkapnya. Kondisi ini menciptakan daerah yang bukan basis massa asli para calon menjadi medan pertempuran. ’’Misalnya, Kabupaten Pringsewu, Pesisir Barat, sampai Waykanan,” ujarnya. Senada, Deddy juga meyakini Pilgub Lampung akan berlangsung satu putaran. Artinya, ada calon yang berhasil meraup suara 30 persen. Hanya, menurut Deddy, perbedaannya akan tipis. ’’Kalau kita lihat berbagai survei, posisinya masih satu putaran. Hanya memang perbedaannya tipis. Tapi, dia lolos untuk satu putaran,” ucapnya. Deddy secara lugas melihat konfigurasi pertarungan akan didominasi oleh dua pasangan calon gubernur saja. Yakni pasangan nomor urut 2 M. Ridho Ficardo-Bachtiar Basri dan pasangan nomor urut 3 Herman H.N.-Zainudin Hasan. ’’(Pasangan, Red) Itu yang dari awal begitu intensif dan masif. Hanya dua ini yang relatif maju terus. Sehingga bisa satu putaran. Di antara dua kandidat itulah yang akan unggul,” tegasnya. Berbeda dari dua rekannya, Arizka berpendapat bahwa Pilgub Lampung akan selesai dalam dua putaran. Ia beranggapan, kekuatan empat calon terbagi merata. Menurutnya, pasangan Herman H.N.-Zainudin Hasan punya potensi pemilih yang banyak di Bandarlampung. Sementara pasangan M. Ridho Ficardo-Bachtiar Basri tak dipungkiri disokong kekuatan logistik yang besar. ’’Kemudian pasangan Berlian Tihang– Mukhlis Basri dan M. Alzier Dianis Thabranie-Lukman Hakim didukung mesin partai yang lagi on fire semua. Jadi akan sangat menarik,” ucapnya. Tapi, lanjutnya, kalau kemudian harus dikerucutkan lagi, Arizka berkesimpulan pilgub dua putaran adalah rasional. Dalam penilaiannya, jika masyarakat Lampung melihat calon dari apa yang dilakukan, salah satu calon punya peluang. Sementara kalau perilaku politik cenderung cair dan tak ada sentimen ideologis, seluruh calon punya kesempatan yang sama. ’’Sulit kalau melihat posisi pilgub dalam kondisi aksidental. Jadi calon tak punya persiapan maksimal. Nah, ini juga jadi kelemahan. Kalau saya cenderung potensi dua putaran. Siapa? Tidak etis menyebut nama,” ungkapnya. Pendapat ini makin menguatkan hasil survei yang dilakukan Rakata Institute pada medio Februari 2014. Lembaga ini memprediksi pasangan M. Ridho Ficardo-Bachtiar Basri akan bersaing dengan pasangan Herman H.N.-Zainudin Hasan. Berdasarkan perbandingan data survei terakhir yang dilakukan pada periode Februari 2014 dengan hasil survei beberapa bulan sebelumnya, Rakata Institute menyimpulkan pasangan M. Ridho Ficardo-Bachtiar Basri kecenderungan memiliki suara menurun (minus 0,21 persen per bulan). Sedangkan Herman H.N.-Zainudin Hasan justru meningkat (plus 2,60 persen per bulan). Kondisi inilah yang bakal memicu ketatnya persaingan dua cagub-cawagub itu. (wdi/p2/c2/fik)

Siapkan...

Dari Hal. 1

Hingga H-1 menjelang pencoblosan kemarin (8/4), sejumlah elite parpol menyatakan terus melakukan komunikasi politik meski masing-masing masih berfokus pada pemenangan pileg. Wakil Ketua Umum Partai Golkar Sharif Cicip Sutardjo mengungkapkan, partainya tetap menyiapkan skenario untuk berkoalisi. ”Kita tidak mungkin menang 50 persen. Karena itu, koalisi itu mutlak,” ujar Sharif saat menghadiri zikir akbar di masjid kompleks parlemen kemarin. Namun, menteri kelautan dan perikanan itu enggan menyebutkan parpol yang sudah dijajaki. ”Golkar itu paling cair, paling bisa berkomunikasi dengan partai lain,” kata Sharif. Dia tidak menampik bahwa Partai Demokrat termasuk salah satu yang didekati untuk membentuk koalisi. Meskipun, partai berlambang Mercy itu telah menyiapkan calon presiden (capres) lewat mekanisme konvensi. Partai Demokrat juga terbuka untuk berkoalisi. Namun, kepastiannya menunggu penghitungan suara pileg. Ketua Harian Partai Demokrat Syarif Hasan mengatakan, pihaknya ingin kembali melanjutkan capaian positif pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) secara bersamasama. ”Lebih bagus membangun bersama-sama dan membuka pintu koalisi,” ujarnya di kompleks parlemen. Sementara itu, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang diprediksi mendapatkan suara terbanyak dalam pileg tetap melakukan komunikasi politik dengan partai lain. Senin (7/4) malam, Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDIP Puan Maharani, Sekjen Tjahjo Kumolo, dan sejumlah petinggi PDIP bertemu dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa. Kedua partai belum membuka apakah pertemuan itu berkaitan dengan pilpres. Salah satu skenario yang muncul memang menduetkan Joko Widodo yang telah ditetapkan sebagai capres dengan Hatta Rajasa sebagai cawapres. Tjahjo menyatakan, pertemuan belum sampai membicarakan pilpres. ”Untuk persiapan pileg saja,” ungkapnya singkat. (jpnn/p2/c2/fik)

Gerus...

RABU, 9 APRIL 2014

Jawa Pos News Network

Dari Hal. 1

Liga Champions pekan lalu. Bahkan dengan strategi itu, United bisa mencetak gol lebih dahulu melalui sundulan Nemanja Vidic pada menit ke-58.  Bayern baru bisa membalas melalui Bastian Schweinsteiger delapan menit kemudian. Nah, strategi parkir bus (istilah untuk tim yang menempatkan banyak pemain di depan gawang) sepertinya akan kembali diterapkan United pada leg kedua di Allianz Arena dini hari nanti (siaran langsung SCTV pukul 01.45). Kubu Bayern pun sudah mengantisipasi kemungkinan itu.  Meski Bayern hanya butuh hasil imbang 0-0 untuk bisa lolos, der trainer Bayern Pep Guardiola sudah menyiapkan formula untuk bermain menyerang dan mendobrak benteng pertahanan United. ”Mereka bermain sangat defensif. Mereka selalu mencoba untuk melakukan serangan balik. Pada leg pertama, mereka melakukannya dengan sangat baik,’’ ucap Pep seperti dilansir Bild. ”Selalu tidak mudah untuk melawan tim Inggris. United adalah tim besar. Sebelum leg pertama, semuanya berbicara soal Bayern. Sekarang, orang tahu bahwa United juga bisa menang di Muenchen,’’ kata pelatih 43 tahun asal Spanyol itu. Bayern dalam kondisi tidak ideal jelang laga ini. Mereka tak bisa menurunkan Javi Martinez dan Bastian Schweinsteiger karena skors. Sedangkan Thiago Alcántara dan Xherdan Shaqiri masih dibekap cedera. Kabar baiknya, bek tengah asal Brasil Dante bisa bermain karena sudah menjalani masa hukuman. Grafik penampilan Bayern juga cenderung menukik. Mereka tak pernah lagi menikmati kemenangan setelah memastikan gelar Bundesliga. Sebaliknya, spirit United terdongkrak setelah Sabtu lalu meraih kemenangan telak 4-0 atas Newcastle United pada ajang Premier League. Wayne Rooney yang absen pada laga itu juga sudah pulih dari cedera. (jpnn/p2/c2/ewi)

Aturan P3K Belum Jelas JAKARTA – Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (UU ASN) belum bisa berjalan optimal. Di antaranya yang terkait dengan pengangkatan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K). Padahal keberadaan P3K itu bisa menjadi alternatif minimnya kuota formasi CPNS baru setiap tahun. Dengan adanya UU ASN itu, maka pegawai sipil pemerintah terbagi menjadi dua. Yakni pegawai negeri sipil (PNS) dan P3K. “Kini aturan teknis pengangkatan P3K sedang tahap pembahasan,” tutur Kepala Biro Hukum dan Komunikasi

Informasi Publik Kemenpan RB Herman Suryatman kemarin. Intinya, P3K ini nantinya diikat kontrak minimal 12 bulan atau setahun. Herman menjelaskan bahwa aturan P3K ini berbeda dengan pegawai honorer, meskipun keduanya sama-sama bukan PNS. Perbedaannya, kuota pengangkatan P3K tetap dipegang oleh Kemenpan RB. Sedangkan untuk tenaga honorer, kuotanya dipasrahkan ke kepala daerah. Bahkan pejabat setingkat kepala sekolah bisa merekrut tenaga honorer.

Perbedaan lainnya adalah urusan kesejahteraan. Herman menjelaskan bahwa kesejahteraan P3K sudah bisa disejajarkan dengan PNS pada umumnya. Pada pegawai kelompok P3K itu nantinya mendapatkan gaji pokok atau honorarium yang adil dan layak. Sedangkan tenaga honorer sekarang ini, banyak yang mengeluh gajinya kecil. Para guru honorer, misalnya. Ada yang digaji Rp300 ribu sebulan. Selain gaji pokok, P3K juga mendapatkan tunjangan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Kemudian para

P3K juga mendapatkan jaminan sosial berupa asuransi kesehatan dan sejenisnya. Hak-hak lain para P3K adalah cuti, pengembangan profesi, biaya kesehatan, dan uang duka. Herman menjelaskan, tidak ada batasan formasi untuk P3K ini. Mulai dari guru, tenaga medis, hingga tenaga administrasi dan tenaga teknis bisa diisi oleh P3K. “Mudah-mudahan PP terkait teknis penerimaan P3K ini segera keluar. Sekarang pembahasannya sedang diakselerasi,” ungkapnya. (jpnn/p2/c2/fik)

Pundak Ditepuk-tepuk SBY, Jokowi Malu-Malu JAKARTA – Rumah Sakit Umum Pekerja (RSUP) kemarin tidak hanya spesial bagi kalangan buruh. Namun, juga bagi dua figur populer dalam perbincangan politik di Indonesia, yakni Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi). Seusai peresmian rumah sakit khusus buruh pertama di Indonesia itu, Presiden SBY tampak menyalami dan menepuknepuk pundak Jokowi. Calon presiden yang diusung PDIP itu tampak tersenyum dan mengangguk-angguk saat menyalami SBY. Namun, pertemuan itu berlangsung

singkat tanpa disertai dengan pembicaraan panjang-lebar karena terjadi setelah SBY usai melakukan peninjauan dan akan beranjak pergi. Jokowi hadir dalam peresmian karena RSUP itu berlokasi di wilayah pemerintahannya, yakni di Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Cakung, Jakarta Utara. ”Alhamdulillah, dua tahun setelah itu terbangun rumah sakit ini,” ungkap SBY saat mengawali pidato sambutannya kemarin. SBY menuturkan, gagasan pembangunan rumah sakit itu sudah ada

sejak dua tahun lalu, tepatnya pada peringatan Hari Buruh Internasional, 1 Mei 2012. Ketika itu, presiden berkunjung ke Batam untuk meresmikan rumah susun untuk para pekerja. Di sana, dia menyampaikan kepada menteri teknis terkait agar segera melaksanakan pembangunan untuk RS bagi para pekerja. Dalam kesempatan itu, SBY juga sempat menyampaikan pada kalangan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menggunakan dana corporate social responsibility (CSR) bagi kesejahteraan pekerja. Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan

Empat... ’’Ya, saya mengenakan baju bergambar panah. Ini filosofinya adalah membidik kemenangan pada pilgub,” canda Ridho kemarin. Hari menjelang pilgub, Ridho mengaku tidak banyak melakukan aktivitas. Meski tetap melakukan konsolidasi internal, dia mengaku sudah tak banyak melakukan gerakan lagi. ’’Pikiran sudah buntu gini. Tinggal sehari, ya mau ngapain lagi? Tinggal nunggu hari H,” ucapnya ringan. Meski santai, Ridho menyatakan optimistis target satu putaran. ’’Saya punya target 40 persen. Tapi, saya juga punya perasaan ada calon lain yang di atas 30 persen. Insya Allah, saya dapat 40 persen,” ungkapnya. Persiapan lainnya, Ridho mengaku banyak-banyak berdoa. Tak heran, pada waktu magrib tiba, Ridho langsung mengambil air wudu dan berjamaah. Dia terlihat juga membaca Surat Yasin bersama dengan Fajrun Najah Ahmad. ’’Saya tetap memperbanyak doa,” tuturnya. Sementara hingga tadi malam, suasana di depan rumah ada tenda disiapkan prasmanan di pintu samping. Ridho dijadwalkan akan berjalan kaki ke TPS 5 Jagabaya 3 bersama orang tua dan keluarganya, tak jauh dari kediamannya. ’’Untuk quick count akan digelar di kantor DPD PD. Nanti melibatkan Saiful Mujani Research (SMRC) untuk pilgub dan pileg,” kata Fajar, sapaan akrab Fajrun Najah Ahmad. Jika Ridho santai, cagub M. Alzier Dianis Thabranie justru lebih santai. Bahkan sejak Minggu (6/4), pasangan Lukman Hakim ini justru bertolak ke Jakarta ke kediamannya di Karawaci, Tangerang, Banten. Alzier baru kembali sekitar pukul 17.30 WIB kemarin menumpang pesawat. Saat dihubungi kemarin, sambil berseloroh, Alzier mengaku ke Karawaci untuk melihat rumahnya. ’’Pohon rambutan di dekat kolam renang saya sudah berbuah. Jadi, jangan sampai buahnya jatuh ke kolam renang. Saya mesti lihat rumah saya. Sebagai kepala keluarga yang baik, tentu rumah harus selalu

Sambungan dari Hal. 1 bersih,” ucapnya. Tiba di kediamannya di Jl. Arif Rahman Hakim, Sukabumi, Bandarlampung, tadi malam, Alzier tak melakukan banyak kegiatan. Dia lebih banyak memilih beristirahat. ’’Ya, nggak ada kegiatan apa-apa. Saya ini kan santai saja. Saya cagub paling santai. Saya yang penting doa kepada Tuhan,” ungkapnya. Terkait target, Alzier menyatakan siap menang satu putaran. Ketua DPD Partai Golkar Lampung ini membidik floating mass atau massa mengambang. ’’Lha, kan floating mass banyak karena sosialisasi pilgub kurang,” katanya. Menurut Alzier, sesuai dengan target Partai Golkar 30 persen suara akan ikut mendukung kemenangannya pada pilgub. ’’Saya sudah bekerja menaikkan target perolehan suara Partai Golkar untuk pilgub. Jadi kalau Partai Golkar meraih di atas 30 persen, akan memenangkan saya dan Pak Lukman pada pilgub,” tuturnya. Alzier berharap, Bawaslu serius menangani serangan fajar. Para calon lain juga diharapkan tidak ikut-ikutan berpolitik tidak sehat. ’’Jaga agar Lampung ini tidak dibodohi dengan money politics. Saya imbau, cagub setop money politics untuk Lampung ke depan,” katanya. Terpisah, cagub lain, Herman H.N., kemarin tampak dalam kondisi prima. Meski sudah tinggal sehari lagi pemungutan suara, Herman H.N. tetap memilih ngantor seperti biasa. Sekitar pukul 12.30 WIB dengan mengendarai mobil Toyota Fortuner hitam BE 1 A, Herman H.N. bergegas menuju ruangannya. Tak lama, tiba Dandim 0410/BL Letkol Efrijon dan Kapolresta Bandarlampung Kombes Dwi Irianto. Keduanya bergegas masuk menuju ruang kerja wali kota. Tak lama, pukul 01.45 WIB, ketiganya bersama Sekkot Bandarlampung Badri Tamam dan pejabat teras pemkot meluncur melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah tempat pemungutan suara (TPS). Orang nomor satu di Kota Bandarlampung ini meninjau TPS 05 RT 09,

Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Bumiwaras; TPS 10 RT 01 Lingkungan II, Kelurahan Panjang Utara, Kecamatan Panjang; TPS 21, Kelurahan Panjang Selatan, Kecamatan Panjang; serta TPS 4 dan 5, Kelurahan Waydadi, Kecamatan Sukarame. Selanjutnya TPS 6 RT 07, Gang Cempaka, Kelurahan Tanjungsenang, Kecamatan Tanjungsenang; TPS 2, Jalan Komaruddin, Kelurahan Rajabasa Raya, Kecamatan Rajabasa; TPS 5 RT 07, Kelurahan Kemiling Raya, Kecamatan Kemiling; dan TPS 5, Kelurahan Susunanbaru, Kecamatan Langkapura. Herman H.N. mengatakan, berdasarkan pantauannya, masih ada sejumlah TPS yang belum siap. Namun, dirinya memastikan malam tadi TPS-TPS itu sudah siap sebagai tempat pencoblosan. Di sela pantauan TPS, Herman H.N. menyatakan targetnya menang satu putaran. Dia optimistis akan meraih kemenangan setelah melihat begitu tingginya dukungan dari masyarakat. ’’Ya, Insya Allah menang satu putaran. Yang penting adalah doa dari masyarakat Lampung,” kata Herman H.N. Saat ditanya apakah dia siap kalah, Herman H.N. menyatakan tetap yakin akan menang. ’’Insya Allah menang,” ucapnya optimistis. Ditanya apakah ada persiapan khusus, Herman H.N. menjawab persiapannya adalah doa. Salah satunya, dia selalu menggelar pengajian di kediamannya, Palapa, Kecamatan Tanjungkarang Pusat. ’’Kalau pengajian sudah dilakukan. Saya berharap masyarakat juga ikut berdoa dan mencoblos Herman H.N.-Zainudin Hasan nomor urut 3,” tegasnya. Herman H.N. hari ini akan mencoblos di TPS terdekat dari rumahnya. Ditanya apakah ada ritual khusus sebelum mencoblos, Herman H.N. menjawab tidak ada. ’’Yakin saja, Bismillah. Besok (hari ini) akan nyoblos dekat rumah di TPS Taman Budaya,” paparnya. Sementara cagub Berlian Tihang yang berpasangan dengan Mukhlis Basri juga sudah mempersiapkan diri. Berlian menggelar pengajian bersama sejumlah

Berdansa... lebih seram karena berkulit gelap dengan bermotif tutul-tutul seperti macan, perangainya lebih mirip lumba-lumba, ikan yang selama ini dikenal paling bersahabat dengan manusia. Yang lebih istimewa, ketika terkena jaring nelayan dan diangkat ke kapal pun, hiu paus yang panjangnya bisa mencapai 20 meter itu tidak melawan atau berontak. Kelebihan hiu paus itulah yang membuat Papua semakin menjadi target wisatawan mancanegara setelah termasyhur dengan wisata Raja Ampat. Sejak dua tahun terakhir, hiu paus menjadi magnet baru wisata di Teluk Cendrawasih. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke sana. Mereka ingin melihat dari dekat ikan hiu yang berukuran sangat besar tapi tidak ganas. Apa memang baru dua tahun terakhir hiu paus muncul di kawasan itu? Tentu tidak. Beny Ahadian Noor, project manager WWF Indonesia, menjelaskan, habitat hiu paus yang memiliki nama Latin rhincodon typus itu adalah perairan tropis dan subtropis yang hangat (bersuhu 18–30 derajat Celsius), kecuali di Laut Mediterania. ”Selain di Indonesia, spesies ini ada di Australia dan Filipina,” jelasnya. Di Indonesia, sebetulnya hiu paus tidak hanya terdapat di Kwatisore, Papua. Mereka bisa ditemui juga di perairan Sabang, Situbondo, Probolinggo, Bali, Alor, Flores, serta Maluku. Namun, kemunculan mereka di tempat-tempat itu bersifat musiman, yakni Januari–Maret. ”Sementara di Kwatisore, kemunculan mereka sepanjang tahun,” ungkap Beny yang bergabung di tim peneliti hiu paus sejak setahun lalu. Ditunjang perairan yang sangat jernih dan kondisi alam yang sangat alami, tentu lokasi itu membuat wisatawan lebih tertarik datang. Di Kwatisore, hiu paus juga diuntungkan oleh adat istiadat masyarakat sekitar. Sejak zaman leluhur, hiu paus ditakuti penduduk lokal di sekitar Taman Cendrawasih. Mereka menyebut hiu paus sebagai hantu laut. Malahan, ada mitos, jika mereka melihat ikan tersebut, akan ada musibah yang menimpa. Hal itu dibenarkan Kepala Balai TNTC

yang mendapat amanat itu menyatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta Jokowi untuk mengembangkan kawasan industri Cakung dengan maksimal. Dahlan Iskan menuturkan, setidaknya akan ada empat proyek raksasa yang akan direalisasikan. Salah satunya pembangunan PLTU dengan kapasitas 2 x 1.000 MW. ”Ini (PLTU, Red) sama besarnya dengan yang di Batam. Kami berharap prosedurnya tidak sulit. Mudah-mudahan selesainya bersamaan atau lebih cepat dari yang ada di Batam,” harapnya. (jpnn/p2/c2/fik)

anak yatim dan warga sekitar Kelurahan Rajabasa, Bandarlampung. Pengajian di kediamannya itu dimulai setelah pukul 19.00 WIB. Selepas isya, kediaman Berlian memang tampak ramai oleh suara pengajian. Beberapa hari belakangan, rumah dengan halaman besar di Jl. Kepayang, Rajabasa, itu memang tak pernah sepi dari suara orang mengaji. Sama seperti hari sebelumnya, pengajian malam kemarin dihadiri sejumlah anakanak dari panti asuhan. ’’Kalau biasanya juga ada dari perguruan-perguruan silat yang ikut mengaji bersama,” kata salah seorang warga. Tak hanya anak-anak panti asuhan, warga setempat pun kerap kali mengikuti pengajian di rumah mantan Sekprov Lampung ini. Pengajian digelar di rumah utama Berlian. Berlian bersama keluarga tak pernah absen mengikuti pengajian itu. Sepanjang pantauan Radar Lampung, tampak pula simpatisan pendukung Berlian hilir-mudik di rumah itu. Menjelang hari H, suasana pemilu makin terasa di rumah itu. Pengajian di rumah Berlian dilakukan sejak jauh hari dan semakin intens beberapa hari belakangan. Berlian beserta keluarga berbaur bersama para anak yatim dan warga. Kepada Radar Lampung, Berlian menekankan agar warga Lampung memilih dengan menggunakan mata hatinya. Ia berharap warga Lampung tak ada yang golput. ’’Mudah-mudahan di Lampung nggak ada yang golput. Karena ini menentukan pilihan Lampung ke depan,” harapnya. Ia berharap warga Lampung juga memilih sesuai dengan rasional. Artinya, tak berdasarkan pemberian atau paksaan dari pihak tertentu. ’’Saudara-saudara kita, silakan memilih yang menurut mereka terbaik. Tak berdasarkan pemberian atau paksaan dari pihak tertentu. Harapan kita, tentunya Lampung ke depan maju, aman, nyaman, dan tenteram,” ungkap mantan birokrat Lampung Utara ini. (dna/wdi/gus/yud/ p2/c2/fik)

Sambungan dari Hal. 1 Ben Gurion Saroy yang merupakan putra asli Nabire. ”Orang sini dulu kalau melihat gurano itu takut. Sebab, besar sekali. Mereka juga berpikir ikan itu berbahaya dan ganas,” ujarnya. Mitos itu berefek positif. Warga sekitar habitat hiu paus tidak pernah memburunya. Itu bagus untuk populasi hiu paus. Masyarakat kini justru menjadi bagian dari upaya konservasi. Selama tiga hari mengikuti pemantauan hiu paus bersama Dr Brent Stewart, peneliti senior dari Hubbs-Sea World Institute, California, AS, Jawa Pos menyaksikan keakraban interaksi hiu paus dengan manusia. Ikan-ikan jumbo sebesar perahu nelayan itu sering muncul di permukaan. Hiu paus juga suka berenang mendekati snorkeler atau penyelam. ”Mereka justru suka memperlihatkan bahwa mereka itu eksis,” kata Brent. Beberapa nelayan yang berpengalaman punya kebiasaan ”memanggil” gerombolan hiu paus hanya dengan menepuk-nepuk permukaan air. Cara lain adalah menebar ikan puri ke air. Ikan puri itu semacam ikan teri. Ukurannya kecil-kecil dan menjadi makanan kesukaan hiu paus. Biasanya, ditunggu tidak sampai 10 menit, gerombolan hiu paus datang mendekat. Casandra Tania, marine species officer WWF Indonesia, satu-satunya peneliti dan pemantau hiu paus asal Indonesia yang juga ikut dalam rombongan, mengungkapkan, keunikan lain hiu paus di Kwatisore adalah soal bagan (pangkalan) nelayan. Selama tiga tahun terakhir Casandra melakukan penelitian di kawasan tersebut, bagan menjadi hal penting dalam kemunculan gurano bintang. ”Tidak identik sih. Tidak berarti setiap ada bagan, hiu paus akan muncul. Tapi, kehadiran bagan ini seperti menarik buat mereka. Hiu paus suka berinteraksi di sana,” jelas perempuan yang akrab disapa Cassie tersebut. Dari studi literatur bertahun-tahun, Cassie yakin perilaku hiu paus seperti itu cuma ada di Indonesia. ”Di negara lain tidak ada,” katanya yakin. Penemuan Cassie dan timnya tersebut bahkan telah dipaparkan dalam 3rd National

Whale Shark Conference di Georgia, Atlanta, AS, tahun lalu. Dia diminta menjadi salah seorang pembicara dalam konferensi tersebut. Menurut Cassie, dengan adanya bagan nelayan, berarti di lokasi tersebut terdapat banyak ikan puri. Dengan kata lain, di situ terdapat banyak makanan hiu paus. ”Jadi, bukan bagannya yang penting, tapi makanannya,” ungkap lulusan S-1 IPB tersebut. Tidak hanya dari permukaan, Jawa Pos pun tidak mau tertinggal untuk melihat langsung hantu laut Kwatisore di dalam laut. Selama ini video tentang hiu paus yang diunggah di YouTube sudah sangat bikin ngiler. Tentu sensasinya berbeda kalau melihat sendiri. Cassie sebelumnya menjelaskan, tidak perlu menyelam dengan scuba untuk bisa berinteraksi dengan mereka. ”Snorkeling saja cukup kok. Mereka akan mendekat,” katanya. Pernyataan Cassie itu ternyata benar 100 persen. Begitu saya turun dan melihat ke bawah air, empat ekor hiu paus berukuran 6-7 meter berenang-renang mengelilingi. Mereka tertarik mendekat ke jaring nelayan yang saat itu sudah penuh dengan ikan puri yang diturunkan untuk menarik perhatian hiu paus. Sungguh pemandangan yang menakjubkan. Tidak ada kata yang bisa terucap selain ”Keren”. Tubuh hiu paus yang besar itu berenang dengan indah di dalam lautan biru yang jernih. Corak tutul-tutul putih di tubuhnya terlihat seperti menyala jika terkena pantulan sinar matahari. Jika ingin mendekat kepada mereka untuk mengambil gambar, kita tinggal melakukan tuck dive atau duck dive (menyelam dengan masker, snorkel, dan fins, Red). Jawa Pos pun memanfaatkan maksimal kesempatan langka itu dengan mendekati kawanan hiu paus yang mulai berenang ke kedalaman. Lalu, memotret. Ketika sedang melihat hasil jepretan, tiba-tiba ada yang menyenggol dari belakang. Jawa Pos tentu kaget luar biasa karena merasa sebelumnya berjauhan dengan penyelam lain. Tapi, setelah melihat ke dalam air, jantung terasa copot. Ternyata, yang menyenggol adalah si gurano bintang. Meski sudah diberi tahu berkali-kali bahwa hiu paus tidak ganas, tetap saja bikin

kaget. Apalagi melihat mulutnya yang lebar itu berada di samping badan. Rupanya, ia hendak makan. Ia membuka lebar-lebar mulutnya. Menyedot ikan puri di depannya. Ada perasaan geli melihat tingkah makan ikan-ikan jumbo tersebut. Berbanding terbalik dengan ukuran tubuhnya, ukuran makanan hiu paus itu sangat kecil. Ia memakan plankton, telur ikan, dan ikan kecil berkelompok seperti puri. Cara makannya adalah menyaring air atau filter feeder. Selama pemantauan, total ada 9 ekor hiu paus di dua pangkalan nelayan dari lima bagan yang kami datangi. Ada pula satu hiu paus yang ketika tengah berenang mengelilingi bagan terjebak dalam jaring. Ukurannya sekitar 8 meter. Ikan lain yang terperangkap jaring pasti akan bergerak agresif. Stres. Tapi, hiu paus itu justru diam. Cassie lalu berbicara dengan nelayan bagan soal itu. ”Nanti guranonya dilepas. Jaringnya diangkat dulu. Kami mau ambil ikan lain di dalam jaring,” kata nelayan itu. Akhirnya, jaring itu diangkat untuk diambil ikan tangkapannya. Sekitar setengah jam hiu paus itu terperangkap dalam jaring dan tetap diam. Setelah selesai, jaring tersebut kembali diturunkan ke laut. Jawa Pos dan Cassie melihat ke dalam air saat nelayan menurunkan jaring. Sampai di kedalaman dan jaring mulai membentang, perlahan hiu paus itu berenang ke luar. Setelah memastikan ikan raksasa tersebut benarbenar lolos, kami pulang. Brent Stewart yang meneliti vertebrata laut sejak 1977 itu menjelaskan alasan hiu paus justru diam saat terperangkap jaring. Ternyata, hiu paus punya kelebihan yang tidak dimiliki hiu lain. Ia bisa bernapas dengan menelan air. Ia bisa menyedot air melalui insangnya dan dari situ bisa mengambil oksigen. Kalau hiu lain, jika ingin bernapas, mereka harus berenang. ”Jika hiu lain terperangkap dalam jaring, pasti mati karena tidak bisa bernapas. Sementara itu, hiu paus, meski diam, bisa menyedot air melalui insangnya dan mengambil oksigen,” jelas Brent. Jadi semakin kagum saja dengan si hantu laut itu. (jpnn/p2/c2/fik)


BERITA UTAMA

RABU, 9 APRIL 2014

5

Jawa Pos News Network

Sail Raja Ampat MELEMPEM

PESAWAT KEPRESIDENAN

Tiba Besok, Segera Dioperasikan KEINGINAN pemerintah Indonesia untuk memiliki pesawat kepresidenan akhirnya terwujud. Pada Kamis (10/4) pesawat kepresidenan jenis 737-800 Boeing Business Jet 2 akan mendarat di Landasan Udara Bandara Halim Perdanakusuma. Sayangnya, pihak Istana belum bersedia berbicara banyak terkait kedatangan pesawat kepresidenan tersebut. ’’Saya belum tahu detailnya,’’ ujar Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha di Kantor Presiden kemarin (8/4). Namun, Julian mengakui, jadwal kedatangan pesawat senilai Rp820 miliar tersebut terlambat. Awalnya, pesawat buatan Amerika ini dijadwalkan tiba di Indonesia pada akhir 2013. Namun, ada beberapa hal yang harus dilakukan terkait penyesuaian untuk spesifikasi pesawat kepresidenan. Sementara itu, menurut Mensesneg Sudi Silalahi, keterlambatan kedatangan pesawat disebabkan adanya masalah cuaca saat melakukan uji coba di vendor-nya. Atas keterlambatan tersebut, pihak Boeing pun wajib membayar denda. Namun, Sudi tidak bersedia merinci jumlah denda keterlambatan tersebut. (jpnn/p6/c3/fik)

Telan Dana Rp1,29 Triliun, Hanya Didatangi 7 Negara

GUNUNG SINABUNG

Turun Level Jadi Siaga EMPAT setengah bulan menyandang status awas, kemarin status Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, diturunkan menjadi siaga. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menilai, aktivitas gunung itu menunjukkan tren penurunan. Meski begitu, sebagian pengungsi masih belum boleh pulang. Penurunan status itu diberlakukan sejak kemarin sore. Hasil evaluasi tiga pekan terakhir, Gunung Sinabung memang masih berpotensi erupsi. Namun, ancaman erupsi itu terbatas pada radius kurang dari tiga kilometer. Sedangkan untuk awan panas masih mengancam radius lima kilometer, namun hanya di bagian selatan dan tenggara gunung itu. “Yang masih perlu diwaspadai sekarang ini adalah lahar hujan,” kata Kepala PVMBG Hendrasto dalam paparannya kemarin. Di puncak Gunung Sinabung masih terdapat sisasisa endapan material erupsi. Diperkirakan lahar hujan masih akan menyasar sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Sinabung. Berdasarkan kondisi itu, PVMBG memperbolehkan pengungsi dari delapan desa dan satu dusun di luar radius tiga kilometer untuk kembali ke rumah masing-masing. Sementara empat desa dan satu dusun lain yang sama-sama di luar radius tiga kilometer harus tetap mengungsi. Desa-desa itu masih terancam luncuran awan panas. (jpnn/p6/c3/fik)

TAMAN NASIONAL

Status Terancam Dicabut UNESCO STATUS dua taman nasional Indonesia yang masuk dalam warisan dunia, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (Sumatera) dan Taman Nasional Lorentz (Papua), terancam dicabut oleh UNESCO. Pencabutan status warisan dunia itu dikarenakan keduanya masuk daftar endangered. Endangered disematkan oleh pihak UNESCO saat mengunjungi kedua taman nasional itu dua tahun lalu. Pihak UNESCO melihat banyak wilayah taman yang telah rusak akibat penjarahan dan pembangunan. Pada wilayah Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, penjarahan telah mencapai 70 ribu hektare (ha) dari seluruh luas wilayah taman nasional yang membentang dari Aceh hingga Lampung. Sementara untuk Taman Nasional Lorentz, pemekaran wilayah dan pembangunan yang menjamah wilayah taman nasional dirasa merusak kearifan lokal yang ada di dalamnya. Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga, Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat Haswan Yunas menjelaskan, saat ini pihaknya tengah berupaya untuk mengembalikan keadaan taman nasional seperti semula. Pihak UNESCO telah memberi waktu lima tahun ke pemerintah Indonesia untuk memperbaiki kondisi keduanya. Jika hingga 2017 kondisi itu tidak kembali seperti semula, status warisan dunia dicabut. Tak hanya itu. Indonesia tak lagi menjadi negara rekomendasi UNESCO untuk dikunjungi. (mia/p6/c3/fik)

FOTO MUHAMAD ALI/JPNN

DITUNTUT 10 TAHUN: Terdakwa kasus dugaan suap SKK Migas yang merupakan mantan Ketua SKK Migas Rudi Rubiandini menjalani sidang dengan agenda tuntutan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (8/4).

Nasib Sutan Bergantung Vonis Rudi

Mantan Kepala SKK Migas Dituntut 10 Tahun Penjara

JAKARTA - Nasib politisi Partai Demokrat Sutan Bhatoegana dalam kaitan kasus suap SKK Migas, tampaknya, tinggal menunggu waktu saja. Pasalnya, jaksa KPK yang melakukan penuntutan terhadap mantan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini meyakini uang suap sampai tangan Sutan. Hal itu terungkap adanya nama Sutan dalam tuntutan jaksa. Rudi Rubiandini memang kemarin menghadapi agenda pembacaan tuntutan. Pria asal Tasikmalaya itu dituntut 10 tahun penjara dengan denda Rp250 juta subsider tiga bulan kurungan. Dalam tuntutannya, jaksa menyebutkan Ketua Komisi VII DPR Sutan Bhatoegana menerima uang USD200 ribu dari Rudi. Uang tersebut merupakan sebagian duit suap yang diterima Rudi dari Bos

Kernel Oil Private Limited (KOPL) Widodo Rathanachaitong. ’’Terdakwa (Rudi) memberikan uang tersebut melalui saksi Tri Yulianto di Toko Buah All Fresh, Jalan M.T. Haryono pada 26 Juli 2013,’’ ucap Jaksa Riyono. Dalam persidangan Rudi sebelumnya memang peranan Sutan begitu gamblang terungkap. Rudi mengungkapkan, memberikan uang itu terjadi karena dia dimintai THR. Keterangan Rudi itu juga diperkuat oleh saksi lainnya di persidangan. Selain menerima uang, Sutan juga disebut ikut dalam proyek di SKK Migas melalui perusahaannya bernama PT Timas Suplindo. Sutan pernah mengintervensi SKK Migas agar perusahaan itu menang lelang. Atas peranan itulah, KPK telah melakukan pencegahan terhadap Sutan. Ruang kerja dan rumah pribadi politisi asal Pematang Siantar itu juga pernah diobokobok penyidik KPK untuk mencari barang bukti.

KPK pernah mengungkapkan putusan hakim perkara Rudi nantinya akan menjadi salah satu pertimbangan untuk menjerat pelaku kasus suap SKK Migas lainnya. Selain Sutan, dalam tuntutannya jaksa juga meyakini adanya suap dari Presdir PT Kaltim Parna Industri (KPI) Artha Meris Simbolon untuk Rudi Rubiandini. Saat menyampaikan tuntutannya, Jaksa Riyono mengungkapkan sejumlah hal yang memberatkan dan meringankan Rudi. Pertimbangan yang memberatkan tuntutan mantan Wamen ESDM itu antara lain yang bersangkutan dianggap tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan korupsi. Selain itu Rudi juga dinilai tidak mengakui seluruh perbuatannya. Sidang kasus SKK Migas yang lain kemarin juga mengagendakan pembacaan tuntutan untuk trainer golf sekaligus perantara Rudi Rubiandini, Deviardi. Jaksa KPK me-

nuntut Deviardi separo lebih ringan dari Rudi. Deviardi yang berperan beberapa kali menerima uang suap dan melakukan pencucian uang untuk Rudi dituntut lima tahun penjara dengan dengan denda Rp50 juta, subsider 3 bulan kurungan. Pertimbangan meringankan yang disampaikan jaksa ialah Deviardi dianggap mengakui seluruh perbuatannya dan membantu pengungkapan tindak pidana lainnya. Jaksa Riyono tidak menjelaskan apa pidana lainnya tersebut. Dia juga mengelak menjelaskan saat ditanya sejumlah wartawan seusai sidang. ’’Kalau itu, saya tidak bisa menjawab sekarang,’’ ujarnya. Deviardi pun kompak tidak menjawab hal tersebut. Dengan air mata berlinang, dia hanya mengatakan bersyukur atas tuntutan yang lebih ringan tersebut. Meski dituntut ringan, namun Deviardi dan kuasa hukumnya tetap menggunakan hak pembelaan atau pledoi. (jpnn/p6/c3/fik)

JAKARTA - Sail Raja Ampat yang akan digelar di Pantai Waisai Torang Cinta, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, 21 Juni 2014, diprediksi tidak terlalu meriah dibanding Sail Komodo tahun lalu. Pasalnya, pada perhelatan setahun sekali itu, diperkirakan hanya sekitar 5–7 negara yang akan ikut berpartisipasi. ’’Kami mengundang seluruh negara yang juga berpartisipasi dalam Sail Komodo tahun lalu. Ada lima belas negara dengan 135 kapal pesiar. Namun, karena kondisi alam diperkirakan hanya sekitar 5-7 negara yang akan datang,’’ ujar Deputi Bidang Koordinator Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah raga Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat Haswan Yunas di Jakarta, kemarin. Hawsan menjelaskan, negaranegara yang hadir tersebut merupakan negara dari wilayah bagian utara. Sementara bagian selatan rencananya akan menyusul untuk ikut berpartisipasi pada bulan September nanti. Terbagi duanya partisipasi ini, kata dia, dikarenakan angin yang berhembus pada bulan Juni kurang berpihak pada mereka yang berada di wilayah Selatan. ’’Sehingga tidak memungkinkan untuk mereka (negara bagian selatan) berlayar ke Indonesia. Bahkan, dari wilayah Amerika juga harus menempuh jalur utara untuk bisa sampai di Indonesia,’’ tuturnya. Sementara itu, mengenai persiapan, Haswan mengatakan, saat ini secara keseluruhan persiapan telah mencapai 70 persen. Persiapan tersebut meliputi perpanjangan lintasan bandara, pembangunan dermaga dan infrastruktur jalan, hingga sarana tempat penginapan peserta. Dari semua persiapan tersebut, pemerintah telah mengucurkan dana sebesar Rp1,2 triliun. Dana tersebut diambil dari anggaran pemerintah daerah sebesar Rp108 miliar dan sisanya oleh pemerintah pusat. Diakui Haswan, dana tersebut lebih besar dari dana sail komodo tahun 2013 lalu. (jpnn/p6/c3/fik)

Pemondokan Haji Setara Hotel Bintang Tiga Biaya Sewa Tembus Rp15,6 Juta per Jamaah JAKARTA - Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama (Kemenag) tidak ingin kecolongan dalam perburuan pemondokan haji di Arab Saudi. Irjen Kemenag Mochammad Jasin memimpin langsung inspeksi. Hasilnya, hanya ada satu pemondokan yang tidak memenuhi standar. Kemenag menetapkan pemondokan haji bisa berjenis apartemen atau hotel. Minimal kualitasnya

setara dengan hotel bintang tiga. Kemenag menetapkan standar ketat karena asumsi harga sewanya cukup tinggi. Yakni, 5.000 riyal (sekitar Rp15,6 juta) per jamaah. Sedangkan kapasitas kebutuhan pemondokan mencapai 155 ribu jamaah. ’’Di Makkah ditemukan satu pemondokan yang tidak layak. Itulah kenapa saya berani katakan seratus persen pemondokan memenuhi kriteria,’’ papar Jasin. Dia menilai, tim pencari pemondokan dari Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag

bekerja dengan baik. Kriteria kualitas minimal sekelas hotel bintang 3 benar-benar dipegang dan dipenuhi. Terkait dengan satu pemondokan yang di bawah standar, Jasin merekomendasikan untuk mencari pengganti. Sebelum tim pemburu pemondokan bekerja, Jasin mengatakan, pihaknya sudah memberikan rambu-rambu soal kualitas pemondokan. ’’Jangan sampai ada lagi disparitas antara pemondokan yang bagus dengan pemondokan yang jelek. Semua jamaah haji harus menempati pemondokan

dengan kualitas yang setara,’’ tegasnya. Itjen Kemenag berupaya mengubah skenario sewa pemondokan. Sebelumnya, sewa pemondokan dikuasai makelar dan disewakan secara paket. Padahal, dalam satu paket belum tentu kualitasnya bagus semua. Saat ini Kemenag menyewa pemondokan langsung ke pemilik dan tidak secara paket. Upaya Kemenag mencari pemondokan terbantu dengan kucuran uang muka sewa sebesar Rp15,1 triliun. Dana itu diambil dari timbunan uang setoran awal

jamaah porsi berangkat 2014. Kemenag juga mem-blacklist 47 unit pemondokan yang dicap gagal memberikan kualitas pelayanan optimal selama musim haji 2013. Jasin mengatakan, fokus awal pemantauannya adalah urusan pemondokan. Setelah itu, tim Itjen akan memantau katering. Dia berharap tim pemburu pemondokan, tim pengadaan katering, dan tim pencari transportasi bisa bekerja secara bersinergi. Sehingga bisa berbuah pelayanan haji yang memuaskan jamaah. (jpnn/p6/ c3/fik)


6

HUKUM & PEMERINTAHAN Bukan Sekadar Berita!

RABU, 9 APRIL 2014

Disposisi Proposal Bansos BANDARLAMPUNG - Ada yang menarik dalam persidangan kasus bantuan sosial (bansos) fiktif dengan terdakwa Herman Hazboellah (56) kemarin. Mantan Bupati Lampung Tengah Andy Achmad Sampurnajaya duduk di kursi saksi. Pria yang akrab disapa Kanjeng itu diajukan sebagai saksi bansos Lamteng 2007 sebesar Rp505 juta. Saat itu, ia menjadi bupati dan Herman menjabat kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Lamteng. Dia menerangkan pendisposisian alur dana bansos. Diungkapkan Kanjeng, setelah darinya, disposisi turun ke Sekkab dan baru ke Herman. Menurut penasihat hukum (PH) Herman, yaitu Muhammad Yusuf Rimba, S.H., saksi Kanjeng mengatakan bahwa benar dirinya sudah mendisposisi dalam proposal-proposal. ’’Tetapi, dia disposisinya setelah disusun dari bawah, mulai asisten, ke Sekda, kemudian baru saksi mendisposisikan untuk bantuan itu, sehingga dia percaya pada staf-stafnya,” ujarnya. Yusuf Rimba melanjutkan, di rinya keberatan terhadap kete rangan saksi yang menyudutkan kleinnya. Pasalnya, saksi Kanjeng menyatakan seharusnya yang bertanggung jawab atas kebenaran proposol tersebut adalah kliennya. ’’Klien saya itu hanya pintu akhir setelah dari asisten IV, tetapi justru klien saya dibilang bertanggung jawab atas kebenaran tersebut. Kenapa tidak dari awal diklarifikasinya ke klien saya? Tetapi secara materiil, yang bertanggung jawab terakhir itu dari bendahara, karena terakhir uang itu dari bank di tangan bendahara. Namun kata bendahara diserahkan ke BPKAD, namun klien saya tidak pernah menerima dan mekanisme pencairan pun pakai surat kuasa. Dan setelah diteliti fotokopi itu palsu,” bebernya Diketahui, Herman sebagai pengguna anggaran diduga mengorupsi bansos Rp505 juta.  Pada 2007, Herman mengelola dana bansos organisasi kemasyarakatan Rp32,9 miliar. Lalu, bansos partai politik Rp820 juta. (why/p2/c1/wdi)

Berantas Judi Koprok MOHON diberantas judi koprok yang marak. Biasanya setiap ada hiburan malam di wilayah Lampung Utara. Terima kasih. (08787031xxxx)

Tertibkan Tuak MOHON ditertibkan penjual tuak. Karena di daerah Bandarsribhawono, anak-anak SD sudah mulai meminumnya. Terima kasih. (08237307xxxx)

Tindak Judi Togel PAK Kapolda, kami warga Kecamatan Gunungterang dan Gunungagung resah dengan judi togel. Tolong ditindak. Terima kasih. (08526753xxxx)

FOTO TEGAR MUJAHID/RADAR LAMPUNG

MENYIMAK: Sidang lanjutan kasus dugaan korupsi dana sertifikasi guru sebesar Rp7,3 miliar dengan terdakwa Berti Astuti (39) digelar di Pengadilan Negeri Tanjungkarang kemarin. Dalam persidangan itu, Berti mengakui dirinya mengajukan permohonan untuk membuka rekening titipan dan atas perintah kepala dinas.

PENEMBAK MAHASISWA UNILA

Orang Hilang

Divonis 12 Tahun

BANDARLAMPUNG - Topan Sofyan Hadi (27) bakal mendekam di penjara dalam waktu lama. Dalam persidangan di Pengadilan Negeri Kelas I Tanjungkarang kemarin, hakim memvonisnya 12 tahun 6 bulan penjara. Warga Tebing, Melinting, Lampung Timur, ini terbukti melanggar pasal 365 ayat 3 KUHP terkait pencurian dengan kekerasan. Topan juga terbukti menembak Anggiat Kristian Lumbantoruan (22). Akibat perbuatan Topan, mahasiswa Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Lampung (Unila) angkatan 2010 itu meninggal dunia. Vonis yang dijatuhkan majelis

hakim yang diketuai F.X. Supriyadi tersebut sesuai tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) Puji Rahayu. Atas vonis ini, Topan menyatakan menerima. Sedangkan, JPU pikirpikir. ’’Terdakwa dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana pencurian yang mengakibatkan matinya seseorang. Perbuatan terdakwa meresahkan masyarakat dan terdakwa pernah dihukum,” kata Supriyadi kemarin. Sementara hal yang meringankan adalah terdakwa bersikap sopan dalam persidangan, berterus terang, dan menyesali perbuatannya. Anggiat sendiri tewas setelah

18 jam dirawat di Rumah Sakit Advent Bandarlampung. Sebelumnya, dia ditembak di bagian kepala oleh kawanan perampok yang menyatroni kos-kosannya di Jl. Bumimanti III Gg. Sawah Baru No. 3, Kelurahan Kampungbaru, Kecamatan Labuhanratu, Bandarlampung, pukul 06.00 WIB Kamis (5/12). Ketika kejadian, korban bersama rekan-rekannya sedang tidurtiduran. Lalu ada sekitar empat orang datang membawa dua motor, masing-masing jenis Yamaha V-ixion dan motor bebek warna abu-abu. Dua orang masuk kosan dan yang lain menunggu di luar. Pelaku langsung menodongkan

pistol dan hendak membawa motor Honda BeAT BE 4137 WB milik rekan korban. Mendengar ributribut, korban terbangun dan lari keluar. Dia berusaha mengejar perampok. Karena pelaku merasa terancam dan hampir tertangkap, akhirnya korban pun ditembak di bagian kepala. Dari kejadian itu, pelaku berhasil mendapatkan  4 handphone, 2 unit laptop, dompet, dan kunci motor. Namun, mereka gagal membawa dua unit motor milik teman-teman korban. Dalam keterangannya, Topan mengakui perbuatannya. Saat itu, ia bersama Rosalin, Ade, dan Em (ketiganya DPO). (why/p2/c1/wdi)

98 CPNS Belum Kantongi Nomor Induk Pegawai BANDARLAMPUNG – Nasib 98 calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemprov Lampung belum jelas. Sampai kemarin, mereka belum bisa bekerja. Sebab, puluhan CPNS itu belum mengantongi nomor induk pegawai (NIP). Hal ini dibenarkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung Syarip Anwar. Menurutnya, pemerintah pusat memang belum mengirimkan NIP mereka. ’’Bagaimana mau bekerja kalau NIP belum ada? Kalau ditanya mengapa terlambat, apakah terhambat

sesuatu, ya kami kurang tahu juga. Apakah ada intervensi, ya tidak tahu,,” katanya kemarin. Menurutnya, BKD Lampung hanya menunggu hasil dari pemerintah pusat. ’’Jika diminta untuk segera diambil, ya langsung kami ambil. Mungkin n ini masih antre, karena yang ng mengurus ini seluruh provinsi, vinsi”” ujar Syarip. Dia menambahkan, keterlambatan memang terjadi saat pelengkapan berkas oleh CPNS yang lolos

seleksi. ’’Kan diminta melengkapi persyaratan p y yang ada. Ini yang jadi kendala, k ketepatan waktu mereka saat melengkapinya. me Kan ada juga yang tinggalK nya jauh,” katanya. n Sementara terkait CPNS 2014, Syarip memasC tikan belum ada formasi ti yang disusun. Sebab, pemeyan rintah pusat sendiri belum meminta untuk mengusulkan secara resmi. ’’Kalau kebutuhan Pemprov Lampung sendiri ya mencapai 3

ribuan pegawai. Tetapi kan nanti dikaji dan dianalisis dahulu, dikaitkan dengan anggaran yang ada. Kalau kabupaten/kota sudah usulkan ke pemerintah pusat, ya sah-sah saja. Karena memang bisa langsung ajukan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN), tidak melalui pemprov. Kami pun tidak bisa intervensi,” ungkapnya. Terpisah, Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. sendiri mengatakan bahwa berdasarkan informasi yang ada, pemerintah pusat mengalokasikan kuota terbanyak untuk

Lampung. ’’Sebab, belanja masyarakat kita lebih besar dibandingkan belanja pegawai. Artinya, anggaran yang ada tidak hanya habis untuk menggaji PNS. Nah, ini menunjukkan keuangan yang bagus,” paparnya. Untuk berapa jumlah yang diajukan, menurut Oedin –sapaan akrab gubernur, tengah dianalisis berdasarkan beban kerja serta kuota pegawai. ’’Ya kalau tugasnya ringan, tidak perlu tambah pegawai. Karena itu nanti dilihat dahulu,” tegasnya. (eka/p2/c1/wdi)

TELAH pergi meninggalkan rumah Fredi Ericson Manihuruk, 28 tahun. Ia mempunyai ciri-ciri tinggi badan 160 cm, warna kulit sawo matang, dan rambut plontos. Saat pergi, dia menggunakan jaket hitam dan celana pendek. Di tubuh dan kakinya ada tato. Bila menemukan pria dengan ciri-ciri Fredi Ericson Manihuruk tersebut, dapat menghubungi Dormanli di nomor 081379158253 atau David 085267819707. (rls/p2/c1/wdi)

Ringkus Dua Tersangka LANTARAN narkoba, Astar Lubis (34) dan Robian (39) harus berurusan dengan polisi. Warga Jl. Laksamana Malahayati, Talang, Telukbetung Selatan, dan warga Jl. Nakip, Kotabaru, Tanjungkarang Timur, ini ditangkap saat tengah bertransaksi narkoba. Keduanya dibekuk polisi sekitar pukul 17.00 WIB Senin (7/4). Kasatnarkoba Polresta Bandarlampung Kompol Sunaryoto mengatakan, penangkapan keduanya setelah petugas mendapat informasi dari masyarakat. ’’Petugas kemudian melakukan penangkapan. Saat digeledah, banyak ditemukan barang bukti. Seperti daun ganja kering dan sabu-sabu di kamarnya.” kata Sunaryoto di ruang kerjanya kemarin. Polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti. Yakni satu timbangan warna merah, dua paket kecil ganja kering siap pakai, satu bungkus sabu-sabu, dua plastik klip bekas bungkus sabusabu, serta satu bungkus besar plastik berisikan ganja kering. Semua barang bukti tersebut ditemukan di kamar tidur tersangka Astar Lubis. Berdasarkan hasil pemeriksaan, Astar Lubis mendapatkan ganja dengan cara membeli dari seorang temannya yang berinisial BY dan kini buron. Sedangkan untuk sabu-sabu didapat dari tersangka Robian. Dan, menurut Robian, barang haram tersebut diperoleh dengan cara membeli dari EM (DPO/ daftar pencarian orang). (fbi/p2/c1/wdi)


RAGAM

RABU, 9 APRIL 2014

7

Suratno Menangkan Undian Bank Lampung Sigermas GADINGREJO – Suratno, nasabah Bank Lampung yang merupakan warga Gadingrejo Utara, Pringsewu, sebelumnya tak memiliki firasat akan jadi pemenang satu unit sepeda motor. Ya, dia adalah pemenang ketiga 2013 pada undian tabungan Bank Lampung Sigermas periode XVII ke-13 ’’Saya bahagia sekali meraih hadiah sepeda motor ini. Sebelumnya, saya tidak ada firasat. Dan kebetulan anak saya juga minta belikan motor. Terus terang, nggak kebayang sebelumnya,’’ ujar Suratno usai penyerahan hadiah di kantor

Bank Lampung Gadingrejo kemarin. Ia yang saat ini bekerja sebagai staf sekolah menengah di Gadingrejo mengatakan, menjadi nasabah sejak kali pertama Bank Lampung Gadingrejo berdiri. ’’Sudah lama saya menjadi nasabah. Alhamdulillah, dari segi pelayanannya bagus, cepat, serta nyaman. Saya berharap Bank Lampung ke depan semakin sukses dan terus meningkatkan pelayanannya,’’ tuturnya. Pimpinan Bank Lampung Gadingrejo Achmad Karuli Syahrie mengatakan, undian Sigermas

merupakan program rutin setiap tahun sebagai bentuk apresiasi kepada nasabah yang selalu setia. Selain program rutin, undian Sigermas ini juga merupakan rangkaian kegiatan peringatan hari jadi ke-48 Bank Lampung. Pelaksanaan undian Sigermas tersebut dilaksanakan secara serentak di kabupaten se-Lampung dengan beragam hadiah. Pelaksanaan pengundiannya dilakukan Maret lalu. Tidak hanya Sigermas, beberapa jenis tabungan juga disediakan. Seperti Simpeda dan pelajar.

’’Dan untuk menjadi nasabah cukup dengan setoran awal Rp25 ribu. Nah, khusus untuk tabungan Sigermas memiliki asuransi jiwa mencapai Rp10 juta untuk setiap nasabah. Dan kami terus memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, baik warga di Gadingrejo maupun Pesawaran,’’ pungkasnya. (ozi/p5/c3/dna) FOTO ROZI/RADAR LAMPUNG

SELAMAT: Suratno (kanan) ketika mendapatkan sepeda motor pada undian tabungan Bank Lampung Sigermas periode XVII ke-13.

Menhut Kuliah Umum di STKIP PGRI

BANDARLAMPUNG – Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (STKIP PGRI) Bandarlampung terus berupaya menciptakan calon pendidik yang mumpuni di masa depan. Salah satunya menggelar kuliah umum bertemakan Pendidikan Investasi Masa Depan. Kuliah umum yang menghadirkan Menteri Kehutanan RI Zulkifli Hasan ini diikuti 250 mahasiswa di auditorium kampus tersebut kemarin (8/4). Hadir dalam kegiatan itu Ketua STKIP PGRI Bandarlampung Dailami Zain, Ketua Badan Pelaksana Harian (BPH) STKIP PGRI Siti Suratini Zain, dan Ketua Yayasan  STKIP PGRI Wayan Satria Jaya. Lalu Pembantu Ketua I  Supriyono, Pembantu Ketua II  Joko Sutrisno A.B., Pembantu Ketua III  Buang Saryantono, serta dosen-dosen. Zulkifli mengatakan, bangsa yang memiliki keunggulan kompetitif merupakan bangsa yang berdaya saing global. Ini harus dibuktikan dengan kuatnya ilmu pengetahuan, sehingga pendidikan adalah syarat utama. Menurut dia, kunci kemajuan suatu bangsa tergantung kepada sumber daya manusia (SDM) yang berasal dari

FOTO YUYUN WANINGSIH/RADAR LAMPUNG

MOTIVASI: Menteri Kehutanan RI Zulkifli Hasan (tengah) memberikan kuliah umum bertemakan Pendidikan Investasi Masa Depan.

ilmu pengetahuan. ’’Untuk mendapatkannya tentu dengan pendidikan. Dan kunci dari pendidikan terpusat kepada guru,’’ bebernya. Pendidikan juga memerlukan proses jangka panjang yang tidak secara instan dapat terlihat hasilnya. Bisa hingga berpuluh-puluh tahun baru nampak hasilnya. Oleh karena itu, kata dia, pendidikan sangat penting untuk dikembangkan. Ia juga berpesan kepada mahasiswa untuk belajar lebih banyak sehingga berpengetahuan luas. ’’Mahasiswa harus tahu lebih banyak dengan belajar dari mana saja. Karena sekarang, informasi terbuka luas. Baik dari internet maupun buku-buku. Mahasiswa juga harus memiliki inisiatif jangan berdiam diri. Menjadi guru juga jangan mengharap lebih banyak, karena seharusnya guru yang harus lebih banyak berbuat,’’ pesannya. Sementara itu, Joko Sutrisno A.B. menjelaskan, kedatangan Menhut sebagai upaya memotivasi mahasiswa agar terus belajar dan meraih yang dicita-citakan. Ini karena Menhut merupakan putra daerah Lampung yang berasal dari kampung, namun bisa menjadi sukses seperti sekarang

sehingga diharapkan dapat memotivasi mahasiswa. ’’Karena kebanyakan mahasiswa STKIP PGRI Bandarlampung juga berasal dari daerah. Kalau bisa dapat sukses seperti dia, terlebih mereka adalah calon guru,’’ ujarnya. Menurutnya, tema yang diusung dalam kuliah umum berlandaskan bahwa STKIP PGRI Bandarlampung merupakan sekolah tinggi yang mencetak calon guru. Sehingga, pendidikan adalah investasi masa depan karena jika pendidik tidak cerdas dan memiliki keterampilan, maka ia tidak dapat mendidik dengan baik. ’’Pendidikan adalah investasi masa depan. Jika guru tidak cerdas, maka akan berimbas dengan output yang diciptakan. Maka tema inilah yang diinginkan,’’ urainya. Menurut dia, begitu banyak masalah pendidikan karena banyak komponen dalam pendidikan yang sangat dominan adalah guru. Karenanya, STKIP PGRI terus berusaha mempersiapkan guru yang dapat bersaing. Upayanya adalah pemahaman mengenai kurikulum dan diusahakan kurikulum 70 persen bidang studi dan 30 persen proses belajar. (yun/ p5/c3/dna)

Mahasiswa FISIP Unila Ikut Penyuluhan

FOTO YUYUN WANINGSIH/RADAR LAMPUNG

FOTO BERSAMA: Mahasiswa Fisip Unila berfoto bersama usai mengikuti pembinaan dan penyuluhan bahaya narkoba.

BANDARLAMPUNG – Sebanyak 100 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lampung (Unila) mengikuti pembinaan serta penyuluhan bahaya narkoba. Kegiatan itu dilaksanakan oleh Badan Narkotika Kota (BNK) Bandarlampung di aula kampus setempat kemarin (8/4). Sekretaris BNK Bandarlampung Sulaiman Bardan menjelaskan, kegiatan itu merupakan program BNK dalam rangka pencegahan narkoba

di lingkungan kampus. BNK menginginkan semua elemen masyarakat, termasuk mahasiswa, turut andil dalam melakukan pencegahan bahaya narkoba. ’’Ini akan terus dilakukan karena merupakan bagian dari skema BNK Bandarlampung dalam upaya penyelamatan generasi bangsa,” bebernya. Dekan FISIP Unila Agus Hadiawan mengatakan, pihak kampus sangat mendukung kegiatan BNK Bandarlampung karena dapat memberikan

WILAYAH KEMILING

NO HP

Slamet F Hendry M. Ngadino Yatno Rahman Ujang karnadi Madhan Jumadi Marjuki Kenedi Daman purnama Tarmono

0813 6964 6121 0857 8973 0777 0813 6910 9486 0853 8296 6404 0813 6930 6237 0812 7966 9930 0852 6973 8365 0812 7261 466 0813 6942 2579 0813 6926 0211 0812 7201 7287 0823 7136 7788

WILAYAH JL. ANTASARI Sutrisno Ridwan Ian Piter Barso Juni Mulyadi Jono

NO. HP 0812 7141 4287 085656152102 0823 7236 4884 0821 3805 6076 0853 6679 3117 0721 7411 532

manfaat yang positif bagi mahasiswa. Kegiatan ini sangat baik karena mahasiswa dapat mengenal dan mengetahui seperti apa bentuk narkoba. ’’Mereka juga melihat tayangan yang ditampilkan mengenai akibat penyalahgunaan narkoba. Sehingga mahasiswa dapat berpikir yang tadinya berniat untuk mencoba, dapat diurungkan,” katanya. Ke depan, Agus berharap penyuluhan rutin dilakukan atau dilakukan penelitian dan pengabdian karena

Slamet c Ahmad Adi Yahya Suhaemi WILAYAH BASUKI RAHMAT Budi Lestari Suratno WILAYAH PRINGSEWU Kasmini

0812 7436 6635 0813 6994 2178 0853 1328 0801 0813 695 3 2566 NO.HP 0812 7926 0993 0812 7243 324 NO.HP 0857 68669922

WILAYAH JLN. PRAMUKA Mujiono Santo Refleksi Muksin Indra Refleksi Musadi

NO.HP 0812 72737844 0823 7718 6590 0852 6901 2125 0853 5765 0085 0812 7928 8718

WILAYAH WAY KANDIS Slamet B Udin

NO.HP 0813 6944 4210 0813 6914 0767

WILAYAH WAY HALIM Aris Haryono

NO.HP 0813 6901 8340

Darman Santi Barokah Supratno Riyanto Refleksi KELURAHAN G. MENENG Sarimun Wagiman Yatimin Ruslan Saifudin Parman Marmini Juprianto WILAYAH TJ. KARANG Maskur Bejo Supriyadi Setiawan WILAYAH LAMTENG Karman

0812 7890 1769 0823 7136 8217 081369956562 0815 41401433 0812 7956512 NO.HP 0812 7458 1444 0852 7995 8108 0813 6954 2059 0813 6931 9734 0813 6995 5156 0812 7201 5078 0852 6910 9019 0813 6900 1120 NO.HP 0821 8035 5967 0823 7717 5663 0812 3444852 NO.HP 0853 6991 4089

mahasiswa memiliki banyak kegiatan. Seperti praktik kerja lapangan (PKL) dan kuliah kerja nyata (KKN). Sehingga mahasiswa juga dapat memberikan informasi kepada masyarakat. ’’Narkoba ini bukan hanya beredar di kota. Bahkan tidak menutup kemungkinan telah beredar di desa-desa. Sehingga diharapkan mahasiswa dapat menyebarkan informasi kepada masyarakat di tempat mereka PKL atau KKN nantinya,” ungkapnya. (yun/ p5/c2/dna)


RABU, 9 APRIL 2014

8

TEKA-TEKI SILANG

NGAKAK Kegagalan Penjualan Soft Drink di Arab SEORANG manajer sales minuman ringan (soft drink) yang terkenal baru kembali pulang ke negerinya setelah kegagalan besarnya di Arab. Ia pun harus menghadap bosnya untuk menjelaskan alasan kegagalannya. Bos: Kau punya prestasi hebat di negaranegara lain. Mengapa justru bisa gagal di Arab yang negerinya panas dan justru banyak orang butuh kesegaran minum produk kita? Sales: Saya juga berpikirnya dulu begitu, Bos. Negeri itu pasti prospeknya sangat besar karena di sana panas. Saya begitu yakin pasti akan sukses besar di sana. Bos: Lalu, apa yang sebenarnya terjadi? Sales: Begini, Bos. Saya membuat sebuah iklan poster yang saya pasang di seluruh penjuru negeri itu. Isi poster itu ada tiga gambar. Pertama, orang yang kehausan berbaring di padang pasir. Gambar kedua, orang itu minum soft drink. Gambar ketiga, orang itu menjadi segar dan dapat berlari di padang pasir. Bos: Wah, ini ide yang luar biasa! Iklan yang bagus! Lalu, kenapa justru bisa gagal? Sales: Tidak ada yang bilang sama saya kalau mereka baca dari kanan ke kiri. Bos: ???@@@!!! (*)

1

2

3

5

6

7

8 9 10

11 12

14

13

15

16 20

17

18

19

21

22

23 24

25

26

27 28

29

30

31 33 36

34

37

32

35

38

40

39 42

43

44 45

Sepakat Mengakhiri Bahtera Rumah Tangga

46 47

SEPASANG suami-istri berusia lanjut yang masing-masing telah berusia 118 tahun (sang kakek) dan 115 tahun (sang nenek) sepakat mengakhiri bahtera rumah tangganya yang telah mereka arungi selama 90 tahun. Menjelang saat-saat dimasukkannya gugatan ke salah satu pengadilan agama di ibu kota, pengacara sang nenek bertanya mengenai kepastian dan keyakinan gugatan cerainya terhadap sang kakek yang telah menemaninya selama puluhan tahun itu. ’’Nek, Nenek yakin dengan keputusan Nenek kali ini?” tanya sang pengacara. ’’Yakin seyakin-yakinnya, Cu! Sebenarnya sudah sejak lama Nenek nggak tahan dengan pernikahan ini. Tapi, Nenek kasihan sama anak-anak. Takut mereka terguncang dengan perpisahan kami sebagai orang tuanya. Karena itu, Nenek tahan-tahan terus perceraian ini sampai anak-anak semuanya meninggal!” jawab sang nenek berapi-api dan bersemangat. Pengacara:Hadeuuh...$#@&^%$#%$...$#@ &^%$#%$?? (*)

4

48

49

RUANG ini khusus bagi Anda yang berjiwa merdeka. Kirimkan apa pun pendapat Anda tentang apa saja. Baik berupa komentar, kritik, atau saran. Setiap pendapat yang masuk sedapat mungkin tidak akan diedit. Pendapat

Infrastruktur (1) KAPAN kira-kira jalan Simpang Gayam, Lampung Selatan, bisa mulus? Kerusakan jalan itu menyebabkan pengendara terganggu. (08560966xxxx)

Infrastruktur (2) TOLONG perhatikan Jalan Tirtayasa, Kelurahan Campangjaya,

MENDATAR

49. Negara beribu kota Vientiane

1. Olah 3. Rumah ibadah umat Buddha 5. Mahaguru 8. ... Diah Pasha (artis sinetron) 10. Satuan daya ledak dinamit 11. Tusuk jarum 12. Aparat 14. Tempat uang 16. Panggilan untuk gadis 18. Rintangan; kendala 20. Rangkaian huruf bermakna 21. Jumlah benda 12 lusin 22. Sentuh dengan jari 23. Bidak catur 24. Merek dagang yang dipatenkan 26. Merasai dengan telapak tangan 27. Nama depan aktor kakak kandung Suti Karno 28. Berjalan beriringan 30. Buih 31. Ketinggalan zaman 33. Pulau beribu kota Gunung Sitoli 35. Yang pokok 36. … Tuah (pahlawan) 38. Bertemu (Inggris) 39. Antitetanus serum 42. Gelar bangsawan Rusia 43. Muktamar 44. Panggilan untuk emak 45. Belum banyak usianya 46. Kata tanya 47. Menurut kabarnya 48. Rambut (Inggris)

MENURUN

bisa dikirim lewat surat ke alamat redaksi, fax. di nomor (0721) 789752, e-mail: redaksi@ radarlampung.co.id atau radarlpg@indo.net.id. Sertakan identitas yang masih berlaku. Atau kirimkan Podium Rakyat Anda melalui

Sukabumi, Bandarlampung. Kerusakan jalan itu benar-benar membuat warga tidak nyaman. (08963161xxxx)

Infrastruktur (3) JALAN dari Kecamatan Seputihmataram sampai Bandarmataram, Lampung Tengah, rusak parah. Tolong segera diperbaiki. (08230688xxxx)

1. Gugur 2. Barang lembaran untuk menulis atau membungkus 3. Kambuh 4. Provinsi pemilik kota Tanjungkarang 5. Pabean 6. Lampu baterai 7. Dekat (Inggris) 13. Menyuruh ikut 15. Istirahat 16. Kota di Irianjaya 17. Nasi yang belum matang 18. Harapan untuk keberhasilan pada masa depan 19. Penganan dari nasi yang dibungkus daun pisang 20. Hewan berkaki seribu 22. Kurang hati-hati 25. Karet vulkanisir yang keras berwarna hitam 29. Jeram 31. Mengirimkan wakil 32. Jaring 34. Derma; amal 37. Melihat pertunjukan 39. Kelompok kapal perang atau kapal dagang 40. Daur; peredaran masa 41. Sebangsa makhluk halus 42. Arah matahari terbit 43. Zat kapur

SMS. Caranya, ketik: POD (Isi Podium). Contoh: POD Mohon pembangunan jalan. Lalu kirim ke No. Matrix: 08154056789. Podium melalui SMS diutamakan yang menyangkut persoalan-persoalan pelayanan publik.

Infrastruktur (4) MOHON perbaikan jalan Wates– Metro, tepatnya di Desa Wates hingga Desa Untoro. Pada ruas itu banyak jalan berlubang dan membahayakan pengendara. (08531339xxxx)

Infrastruktur (5) YTH. Bupati Pringsewu. Aspal jalan Adiluwih sampai Bandung sudah

amblas. Mohon segera diperbaiki agar kerusakan tidak bertambah parah. (08576884xxxx)

Lampu Jalan MOHON pemasangan lampu jalan di Jl. Sedap Malam Raya, Perumnas Waykandis, Bandarlampung. Pada malam kondisi di wilayah itu gelap. Sementara, itu adalah jalan utama dan sering terjadi penjambretan. (08218488xxxx)

RADAR LAMPUNG General Manager: Purna Wirawan

Pemasaran: Hery,Agus, Supriyadi, Adi Irawan, Andriyanti

Wakil Komisaris Utama: Suparno Wonokromo

Pemimpin Redaksi: Ary Mistanto

Agus Suwignyo (Pringsewu)

Heru Kristanto, Khairul Amri, Handoko B.

Redaktur Pelaksana: Eko Nugroho, Taufik Wijaya

Yusuf A.,S. (Tulangbawang)

Penanggung Jawab Media: Ardiansyah

Pimpinan Perusahaan: Liris Vawina

Manager Keuangan: Sarri Octarini,

Komisaris: Lukman Setiawan

Abdurahman (Lamsel)

Anna Susanti (kasir) ,Pas Irvanus (akunting)

Direktur Utama: Dwi Nurmawan

Manager Personalia dan Umum: Faradiba

Direktur: Ardiansyah

Redaktur: Taufik Wijaya (Korlip Kota) Adi Pranoto (Korlip Daerah) Eko Nugroho, Irwansa, Alam Islam, M. Agus Purnomo, Widisandika, Nurlaila Yanti, Wirahadikusumah, Dina Puspasari

Alamat: Jalan Sultan Agung No. 18 Kedaton, Bandarlampung, Telp. (0721) 789750 - 782306 - 787987

Asisten Redaktur: Senen (Non Aktif)

Copy Editor: Rudy Saputra, Syaiful Mahrum, Fatikhushiroth

BNI Cabang Tanjungkarang No. Rek. 007.149.0467 BCA Cabang Telukbetung No Rek 0200.721.799 Bank atas nama PT Wahana Semesta Lampung

Wartawan: Eka Yuliana, Yuda Pranata, Wahyu Syaifullah, Hayatullah, Ari Suryanto. (Bandarlampung)

Redpel Perwajahan: Riswadi Pracetak: Ripto D, Helmi Jaya (non aktif), Nopriyadi, Farabi Lincoln, Hendrawan Poerbantara, Asep Supriyadi, Iwan N,

Email: redaksi@radarlampung.co.id Homepage: www. radarlampung.co.id

Manager Iklan: Desti Mulyati Staf Iklan: Leny Hartanti, Masriani, Edwin, Nike Armila, Gde Bayu, Deni (Administrasi), M. Shahib, Decky Hardodes (Design Iklan) Iklan Perwakilan Jakarta: Aspandar Nasution (kepala), Falma Manager Event Organizer (EO) Liris Vawina Staf Event Organizer Indah Sumaputri, Erwin Sajjah, Maria Ulfa Manager Pemasaran Abdul Karim Marlinda (Asisten Manager) Staf

Staf Manager Personalia dan Umum: Aris, Hary, M. Rambe, Slamet Rianto Dewan Pengawas: Ardiansyah (Koordinator)

Wakil Direktur: Taswin Hasbullah, Abdurrahman, Sarri Octarini, Ade Yunarso

Anggota Dewan Pengawas: Ismail Komar, Nizwar, Ibnu Khalid

Percetakan: PT Lampung Intermedia

Penerbit: PT Wahana Semesta Lampung

Pencetak:

Komisaris Utama: Alwi Hamu

Budi S.(kabag) Suparman, Z. Arifin, Pujianto, Jenianto, Alim, Joko

Hermansyah (Waykanan) Fahrurozi (Pesawaran) Wartawan Jakarta: Kesumayuda

Faks. (0721) 789752, 773930

Dwi Prihantono (Metro) Kohar Mega (Lampura) Edy Herliansyah (Tanggamus)

ISI DI LUAR TANGGUNG JAWAB PERCETAKAN


9

RABU, 9 APRIL 2014

Cukup Memuaskan Hasil Tes Fisik Pemain

FOTO AGUNG BUDIARTO

BERI INSTRUKSI: Pelatih PSBL Gunawan Halilintar (bertopi) memberi instruksi saat latihan di Stadion Sumpah Pemuda kemarin.

PASI Tanggamus Siap Terima Sanksi KOTAAGUNG – Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Tanggamus melalui salah satu pengurusnya, Jaman, mengaku, tidak tahu bahwa Yusuf Febriantoro adalah atlet binaan PASI Cirebon. Dia lantas menuturkan dari awal hingga akhirnya Yusuf membela kontingen Tanggamus pada Porprov VII. ’’Yusuf adalah keponakan saya. Jauh sebelum Porprov digelar, dia bersilaturahmi ke rumah saya di Gisting,’’

tutur Bendahara PASI Tanggamus itu kemarin (8/4). Saat itu, lanjut Jaman, Yusuf bercerita tentang prestasinya dan kejuaraan yang pernah diikutinya. ’’Karena keponakan saya ini punya prestasi, kami menawarkan kepadanya untuk pindah ke Lampung dalam hal ini Tanggamus. Ternyata, dia menerima tawaran itu dan mengaku tak terikat dengan pihak mana pun,’’ urai Jaman.

Tak Dapat Izin, Geser Jadwal

KONI Tak Tinggal Diam

JAKARTA - Indonesia Super League (ISL) akan kembali bergulir pada 12 April mendatang. Tapi, Lagi-lagi masalah izin keamanan, membuat laga yang harusnya berjalan tepat waktu kembali digeser oleh operator kompetisi. ISL sebelumnya jeda sejak 16 Maret lalu sampai 11 April karena libur masa kampanye dan pemilu legislatif. Nah, PT Liga Indonesia (LI) akhirnya melakukan perubahan tiga jadwal pertandingan kompetisi kasta tertinggi setelah jeda itu usai. Laga itu adalah Persik Kediri melawan Persija Jakarta. Pertandingan yang digelar di Stadion Brawijaya, Kediri, itu, semula akan digelar pada Sabtu (12/4). Tapi, setelah masalah izin tak kunjung selesai, laga itu akhirnya digeser pada Senin (21/4 dan dilaksanakan pada pukul 15.30 ’’Perubahan ini setelah mempertimbangkan gkan adanya surat dari Polresta sta Kediri tertanggal 5 April 2014, perihal rekomendasi pelaksanaan pertandingan Persik v Persija,’’ kata CEO PT LI Joko Driyono dalam m rilisnya kemarin (8/4). Selanjutnya, pada 13 April, adwal pertandua perubahan jadwal dingan dilakukan sekaligus. ekaligus. Yakni, laga antara Persegres segres Gresik melawan Pelita Bandung Raya (PBR) dan Sriwijaya aya FC (SFC) kontra Barito Putera. era. Untuk Persegres res v PBR, laga yang semula dijadwalkan dwalkan berlangsung Minggu (13/4), digeser menjadi Rabu (23/4) /4) pada pukul 5.30 WIB. Sementara, entara, SFC v Barito, dipindah ah dari yang awalnya Minggu, 13 April diubah menjadi menjadi di 4 Mei pada pi, untuk jam hari Minggu. Tapi, kick-off-nya, masih belum ditentukan. askan, semua PT LI menegaskan, alasan pemindahan han jadwal itu karena tidak mendapatkan dapatkan izin dari kepolisian setempat. tempat. Alasan yang membuat laga aga dipindah adalah karena masih dalam masa tahapan Pemilu. milu. ’’Iya kan, secara nasional masih dalam tahap penghitungan ngan suara di tingkat kecamatan, an, sehingga personil keamanan terkonsentrasi pada kegiatan tersebut,’’ tandasnya. (jpnn/p7/c3/ewi)

KONI Lampung tak tinggal diam soal Yusuf Febriantoro yang disebut Pengprov PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia) sebagai atlet bayaran yang membela Tanggamus pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Lampung Selatan, 28 Februari–7 Maret 2014. Atlet asal Cirebon, Jawa Barat, itu berlaga di cabang atletik nomor lompat tinggi putra. Dia berhasil menyabet medali emas. ’’Pasti akan kami rapatkan dahulu. Kami juga akan berkoordinasi dengan PASI Cirebon. Saya tidak bisa mengambil keputusan sepihak,’’ kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) KONI Lampung Syahrudin, D.E.M. kemarin (8/4). Pria yang menjabat wakil ketua panitia besar (PB) Porprov VII itu menyatakan, PB juga akan merapatkan masalah ini.

Nah, setelah pelaksanaan Porprov, PASI Cirebon dan PASI Lampung meminta penjelasan soal keikutsertaan Yusuf pada pesta olahraga terbesar di Lampung itu. ’’Saya menceritakan apa adanya ke PASI Cirebon dan PASI Lampung kalau dia adalah keponakan saya, dan kami PASI Tanggamus tidak mengetahui kalau dia tergabung dalam PASI Cirebon,’’ tuturnya.

Ditanya kapan dirapatkan, Sasam –panggilan akrab Syahrudin– belum bisa menginformasikan. ’’Kapan rapatnya, akan kami informasikan lagi,’’ ungkapnya. Jika Yusuf terbukti atlet asal Cirebon, KONI tak segan-segan mengambil tindakan tegas. Bisa saja PASI Tanggamus tidak diikutsertakan pada Porprov berikutnya. ’’Ya bisa saja ada tindakan tegas dari KONI jika terbukti yang dia atlet dari luar Lampung. Kan kontingen Porprov tak boleh memakai atlet luar Lampung dengan ketentuan yang telah disepakati,’’ tegasnya. Sementara itu, Kabid Organisasi KONI Lampung yang pada Porprov VII menjabat ketua tim keabsahan, AKBP (Purn) Ali Mursal Harahap justru heran dengan Pengprov PASI. ’’Saat tes keabsahan, Pengprov PASI

Jaman menyatakan, PASI Tanggamus siap menerima sanksi jika tindakan mereka menyalahi aturan. ’’Jika medali yang bersangkutan dianulir dan konsekuensinya memang seperti itu kami PASI Tanggamus siap menerima. Demikian juga jika ada bentuk tanggung jawab lain, kami pun siap mempertanggungjawabkannya,’’ tegas Jaman. Sekali lagi, Jaman menyatakan PASI Tanggamus tidak

sudah menyetujui dan menandatangani berita acara. Perlu diketahui tim keabsahan hanya mengesahkan saja sifatnya. Soal siapa dan bagaimana atlet itu yang tahu ya pengprov. Apalagi, PASI sering mengadakan kejuaraan daerah. Masak ya tidak terpantau oleh mereka?’’ ujarnya. Seperti diberitakan, PASI Lampung membeberkan Yusuf adalah atlet bayaran dari Cirebon yang bertarung pada Porprov VII di cabang atletik nomor lompat tinggi. ’’Berdasarkan data yang kami miliki, seperti 2013, dia (Yusuf, Red) membela Jawa Barat pada O2SN,’’ jelas Sekretaris Umum Pengprov PASI Lampung M. Irianto Hatta, Senin (7/4). Irianto melanjutkan, pihaknya memiliki bukti-bukti pendukung lain. Di antaranya piagam, KK (kartu keluarga), akta kelahiran, dan surat pernyataan

mengetahui kalau Yusuf milik PASI Cirebon. ’’Kami juga tidak pernah membayar yang bersangkutan untuk bergabung di PASI Tanggamus,’’ akunya. Namun saat Radar Lampung menanyakan nomor handphone (HP) Yusuf untuk kepentingan konfirmasi, Jaman mengaku tidak tahu. ’’Nomor HP dia sudah ganti. Saya tidak tahu nomornya,’’ ucapnya. (ehl/p7/c3/ewi)

dari Pengkot PASI Cirebon. ’’Saat rapat keabsahan atlet atletik di ruang rapat KONI Lampung pada 6 Februari lalu, seluruh peserta Porprov VII menyatakan masing-masing siap menerima sanksi diskualifikasi apabila saat perlombaan terbukti memakai atlet dari luar Lampung,’’ ingat dia. Berdasarkan hal itu, sambung Irianto, PASI Lampung mengajukan kepada PB Porprov VII mencabut secara resmi medali emas Yusuf. ’’Selanjutnya medali emas diserahkan kepada Andreas Gigih asal Lampung Timur yang saat itu meraih posisi runner-up. Perak diberikan kepada posisi ketiga Heri Iswanto asal Lampung Tengah. Lalu perunggu diserahkan kepada peringkat keempat Risky Damar asal Lampung Barat,’’ beber Irianto. (abd/p7/c3/ewi)

BANDARLAMPUNG - Para pemain PSBL menjalani tes fisik di Stadion Sumpah Pemuda, Wayhalim, Bandarlampung, kemarin (8/4). Hasil tes cukup memuaskan. ’’Nilai tes fisik bervariasi. Jika dikalkulasikan, bisa menutupi kekurangan tim,’’ kata Halilintar Gunawan, pelatih PSBL. Pelatih berlisensi A AFC itu juga mengungkapkan, para pemain masih beradaptasi dengan pola latihan yang dia berikan. ’’Adaptasi sangat penting dalam pembentukan skuad,’’ jelas Halilintar. Ditanya line-up tim, mantan pelatih PSBL Langsa itu menjelaskan, masih ada beberapa tahapan lagi yang harus dilakoni pemain. Setelah itu, baru menentukan siapa yang berhak masuk line-up. ’’Kami belum memutuskan siapa yang berhak masuk line-up. Kami masih memantau perkembangan pemain dari setiap latihan. Dan yang paling mudah untuk mengoreksi mereka saat laga uji coba nanti,’’ paparnya.

Ya, Halilintar menjadwalkan empat kali uji coba sebelum kick-off Divisi Satu PSSI. Sekadar diketahui, kompetisi sepak bola amatir itu rencananya mulai bergulir 29 April nanti. Lantas bagaimana pola permainan yang akan diterapkan saat kompetisi nanti? Halilintar mengungkapkan kemungkinan memakai 4-4-2. ’’Melihat potensi pemain dan materi tim, sepertinya skema itu (4-4-2, Red) cocok. Mudah-mudahan efektif,’’ pungkasnya. Sehari sebelumnya, Manajer PSBL Adolf Ayatullah mengakui, persiapan tim menghadapi Divisi Satu terbilang mepet. Dolop –sapaan akrabnya– juga mengungkapkan sudah mengirimkan surat permohonan menjadi tuan rumah kompetisi. Bagaimana dengan pembiayaan tim? Dolop mengaku, sudah melakukan pendekatan dengan beberapa pihak sponsor. Baik secara personal maupun melalui surat. Selain itu, dia juga berharap pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota peduli pada PSBL. (abd/p7/ c3/ewi)

Bukan Pengalaman Pertama

Ari Wibowo ARI Wibowo dipercaya menjadi kapten PSBL. Ini bukan pengalaman pertama bagi Ari. Saat berkostum Lampung FC (LFC), ban kapten melingkar di lengannya. Halilintar Gunawan, pelatih PSBL, menyatakan, penunjukan Ari sudah mendapat persetujuan para pemain. ’’Kapten tim tak hanya memimpin rekan-rekannya di

OMAN U -19

lapangan. Tapi juga harus mampu menjaga kekompakan dan mengangkat semangat tim,’’ jelas Halilintar kemarin (8/4). Sementara, Ari siap mengemban tugas sebagai kapten. Salah satu pertimbangan dia menerima tugas itu karena sebagian besar pemain PSBL berasal dari LFC. ’’Saya pikir sedikit banyak saya tahu karakter teman-teman. Makanya, saya menerima tugas menjadi kapten tim,’’ ungkapnya Dia juga berterima kasih kepada rekan-rekannya dan coach yang telah mempercayai dirinya sebagai kapten. Menurut pemain kelahiran Talangpadang, 27 tahun lalu itu, kepercayaan tersebut memberikan kebanggaan tersendiri baginya. ’’Mudah-mudahan dengan tanggung jawab itu, saya bisa membawa tim menuju prestasi terbaik di kompetisi musim ini,’’ pungkasnya. (abd/p7/c3/ewi)

V

INDONESIA U-19

Indra Sjafri

Belajar Antisipasi Bola Atas

FOTO FARUD FANDI/JAWA POS/JPNN

BAKAL BEDA: Kapten timnas U-19 Evan Dimas bersama rekan-rekannya menghadapi lawan yang lebih jangkung dalam uji coba melawan Oman sore nanti (waktu Oman).

MUSCAT - Laga perdana timnas U-19 dalam rangkaian uji coba tur Timur Tengah akhirnya dimulai. Mereka menghadapi tuan rumah Oman U-19 di Stadion Qaboss, Muscat, Oman, sore nanti (waktu Oman). Laga ini merupakan persiapan timnas menghadapi Piala AFC U-19. Ini juga menjadi laga pertama skuad Garuda Jaya bertanding di luar negeri dan di luar kandang. Sepinya dukungan suporter untuk timnas U-19 diyakini pelatih Indra Sjafri akan menjadi pengalaman berbeda. ’’Namanya uji coba, ini ujian untuk anakanak. Bermain di luar kandang, mendapatkan tekanan penonton tuan rumah. Mental bertanding mereka juga terasah,’’ katanya melalui pesan singkat kemarin (8/4). Indra menyebut laga melawan Oman akan menjadi ujian bagi anak didiknya untuk mengantisipasi gaya permainan tim Timur Tengah. Jika selama tur Nusantara kebanyakan lawan bermain dengan bola-bola pendek, kali ini dia yakin lawan akan memainkan bola-bola atas. Karena itu, dalam sesi latihan di lapangan selama dua hari

kemarin, Indra melatih para pemain untuk mengantisipasi bola atas. ’’Kami waspada karena mereka biasa main bola-bola atas. Kami sudah menyiapkan strategi untuk mengantisipasinya,’’ tegas pelatih berkumis tersebut. Mengenai komposisi pemain, Indra belum memastikannya karena dia akan melihat kondisi terakhir pemain. Tapi, mengingat uji coba adalah mengarah pada efektivitas taktik-strategi melawan tim internasional, bisa jadi, mereka yang langganan turun sejak menit pertama akan menjadi pilihan starting. Sementara itu, Hansamu Yama Pranata melalui BlackBerry Messenger menuturkan, dalam latihan semua pemain mendapatkan materi antisipasi crossing. Itu belajar dari pengalaman saat uji coba melawan tim Timur Tengah pada masa persiapan AFF 2013. ’’Kami difokuskan untuk itu, bagaimana mengantisipasi bola atas lawan. Kami sudah siap dan yakin. Mudah-mudahan bisa tampil maksimal dan solid besok (hari ini, Red),’’ tandasnya. (jpnn/p7/c3/ewi)


10

RABU, 9 APRIL 2014

Austin A ustin Lebih Bersahabat Bers untuk Marquez BARCELONA A - Persaingan MotoGP 2014 berlanjut akhir pekan ini di Circuit of The Americas (COTA), Austin, Texas. Pembalap Repsol Honda Marc Marquez menjadi unggulan utama menang di sana. Setelah memenangi seri perdana di Qatar bulan lalu, Marquez datang ke Austin dengan predikat pemuncak klasemen. Dia juga tercatat sebagai juara lomba perdana MotoGP di COTA musim lalu. Marquez sebenarnya datang ke COTA dalam kondisi yang tidak sepenuhnya fit. Dia masih menjalani program pemulihan patah tulang kaki kanannya. Cedera itu dia alami Februari saat main kros di Spanyol. Na-

MARC MARQUEZ FOTO REUTERS

Hadapi Hongkong di Perempat Final JAKARTA - Tim bulu tangkis Indonesia melanjutkan catatan hebatnya di ajang BWF World Junior Championships (WJC) 2014. Kemarin (8/4), mereka berhasil mengamankan predikat juara Sub Grup X-1 setelah mengalahkan Jerman 5-0 di Stadion Sultan Abdul Halim, Alor Setar, Malaysia. Sehari sebelumnya, Merah Putih juga menggasak Kanada dan Sri Lanka dengan skor sempurna 5-0. Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Hongkong di babak perempat final. Hongkong juga

lolos ke babak delapan besar dengan predikat juara Sub Grup X-2. ’’Terima kasih kepada para pemain yang hari ini (kemarin, Red) tampil baik hingga kami mampu menjadi juara Grup X-1. Penampilan mereka lebih baik dari pertandingan sebelumnya dan lebih lepas,” kata manajer tim Indonesia Maria Fransisca. Meski menang telak, Maria menyatakan masih ada yang harus dibenahi di sektor tunggal putra dan ganda campuran.

Jonatan Christie memang bisa menang 21-16, 21-16. Namun, Maria menilai permainan pemain asal PB Tangkas Jakarta itu kurang gereget. Melawan Hongkong di babak knockout, Indonesia harus memperlakukan semua pertandingan layaknya final. Sebisa mungkin tidak kehilangan satu game pun. Menghadapi Jerman kemarin, Indonesia sebenarnya sudah tak kehilangan satu game pun. Lima sektor sapu bersih dengan straight game. Namun, ada partai di mana Indonesia nyaris ber-

main rubber game. Ganda campuran Reinard Dhanriano/ Rosyita Eka Putri menang atas Max Weisskirchen/Eva Janssens 25-23, 21-14. Tunggal putri Ruselli Hartawan menekuk Luise Heim 21-17, 21-18. Ganda Putra Clinton Hendrik Kudamassa/Muhammad Rian Ardianto menjinakkan Bjarne Geiss/Daniel Seifert 21-11, 2115. Terakhir, ganda putri Rosyita Eka Putri Sari/Apriani Rahayu membekuk Luise Heim/Yvonne Li 21-12, 21-1. (jpnn/p6/c1/ ewi)

mun, bagaimana b dia menang di Qatar Qatar, menunjukkan cedera itu tidak terlalu memengaruhi performa juara dunia termuda dalam sejarah itu. ’’Di Austin, kondisi saya juga belum 100 persen. Namun, saya diuntungkan karena di sana banyak tikungan ke kiri,” jelas Marquez sebagaimana dilansir Crash. COTA menyisakan banyak kenangan manis untuk Marquez. Di sanalah, dia merebut kemenangan perdana pada seri kedua MotoGP tahun lalu. Kemenangan itu menjadikan Marquez sebagai debutan yang paling cepat meraih victory. Dia memecahkan rekor Freddie Spencer yang dibukukan pada 1982. ’’Setelah

lomba di Qatar, saya fokus memperkuat tubuh dan kaki untuk menyambut lomba di Austin,” ucapnya. Dalam perkembangan lain, Scott Redding mulai ancangancang mendapatkan tim yang bisa memberinya motor kelas factory musim depan. Saat ini dia membela Honda Gresini yang tampil di open class. Motor RCV1000R ternyata tidak sekompetitif yang disebutkan pihak Honda sebelumnya. Bos HRC Shuhei Nakamoto tahun lalu pernah menyatakan bahwa RCV1000R hanya terpaut 0,3 detik dari RC213V. Namun setelah lomba perdana, gap terlihat lebih lebar dari itu. (jpnn/p6/c1/ewi)


11

RABU, 9 APRIL 2014

JALAN LAPANG NYONYA TUA

Tur Timur Tengah Rabu, 9 April 2014 Oman U-19 v Timnas U-19 (SCTV pukul 19.45 WIB)

2

Juventus

Livorno

0

Liga Champions Kamis, 10 April 2014 Bayern Muenchen v Manchester United (SCTV pukul 01.45 WIB) Atletico Madrid v Barcelona (Festival (Orange TV) pukul 01.45 WIB) GRAFIS: AYEP KANCEE

(8/4)

FOTO OLIVIER MORIN/AFP

PELUANG LLORENTE: Kiper Livorno Francesco Bardi (kiri) mencoba menggagalkan peluang yang didapat penyerang Juventus Fernando Torres Llorente (kanan) dalam lanjutan Serie A kemarin.

GRAFIS: AYEP KANCEE

Neymar

TURIN – Kepercayaan diri Juventus sedang melambung tinggi sebelum menjamu Lyon dalam leg kedua babak delapan besar Europa League, Kamis besok (10/4). Dini hari kemarin (8/4) tim besutan Antonio Conte ini berhasil meraih poin penuh dengan menaklukkan Livorno 2-0 (2-0) dalam laga lanjutan Serie-A di Juventus Stadium, Turin. Saat pertandingan di leg pertama babak delapan besar Europa League, 4 April lalu, Juventus berhasil menang tipis 1-0 di markas Lyon. Bermain di kandang sendiri saat leg kedua dengan bekal kemenangan atas Livorno membuat konfidensi Juventus sedang tinggi. Livorno sejatinya bukan tim sepadan untuk mengukur kekuatan La Vecchia Signora (Nyonya Tua) –julukan Juventus. Dari statistik, tim julukan Amaranto (Dark Red) lebih banyak mengalami kekalahan. Bahkan, saat ini Livorno terjerembab di zona degradasi. Namun, setidaknya kemenangan Juve dengan dua gol yang diborong Fernando Llorente masing-masing di menit ke-32 dan 35 itu bisa menjadi bukti bila Juve masih cukup tangguh. Sebab, meski sedang dilanda badai cedera, Bianconeri –sebutan lain Juve– masih mampu menjaga performa mereka di Serie-A musim ini. Selain semakin kukuh di puncak klasemen sementara, tambahan tiga poin tersebut juga membuat jarak mereka dengan AS Roma yang berada di peringkat kedua, kian lebar. ’’Sungguh, ini adalah musim yang sangat menarik,’’ kata Conte kepada Sky Sport Italia. Menurut Conte, bagi Juve, kompetisi Serie-A musim ini akan tetap menarik dan penuh dengan tantangan hingga akhir musim. Penyebabnya, Roma sampai saat ini tetap konsisten memperpendek jarak. ’’Baik kami dan Roma mengalami musim yang luar biasa dan ini mengalahkan rekor sebelumnya,’’ tegasnya. Terlepas dari itu, dalam pertandingan pekan-32 tersebut, Juve langsung bermain impresif sejak kick-off. Itu membuat Gianluigi Buffon dan kawan-kawan dengan mudah mendominasi laga. Dari data statistik, tuan rumah menguasai 68 persen penguasaan bola. Meski begitu, Juve butuh waktu 32 menit untuk mendapatkan gol pertamanya. Tendangan spekulasi Llorente dari jarak enam yard tidak mampu dibendung Francesco Bardi, kiper Livorno. Tiga menit kemudian, striker timnas Spanyol itu kembali memaksa Bardi memungut bola dari gawangnya, lewat sundulannya. ’’Secara menyeluruh, saya sangat senang dengan pertandingan malam ini (kemarin). Bukan hanya karena kami berhasil memenangkan laga, tapi kami juga berhasil melakukannya dengan baik,’’ ucap Conte. ’’Roma boleh terus menjaga jarak belakang kami. Tapi, kami juga punya ambisi untuk mempertahankan posisi kami di puncak,’’ imbuhnya. Sementara pelatih Livorno Domenico di Carlo mengatakan, sejatinya mereka sudah berusaha sekuat tenaga untuk bisa membawa pulang poin dari laga tersebut. ’’Namun, tuan rumah bermain jauh lebih baik, itu yang membuat kami tidak mampu mencapai target,’’ keluh pria asal Italia berusia 50 tahun itu. (jpnn/ p5/c3/ewi)

Kali Pertama Menang Beruntun GENOA – Saat menjadi pemain, Clarence Seedorf dikenal sebagai sosok yang dingin. Pun demikian ketika menjadi pelatih. Dia tetap terlihat dingin, meski banyak yang menghujat karena prestasi AC Milan –yang dilatihnya– tidak kunjung membaik. Sebaliknya, dia menjawab dengan kenyataan di lapangan. Seedorf yang menjadi pelatih Milan menggantikan Massimiliano Allegri Januari lalu menjawab hujatan dengan sejumlah kemenangan. Terakhir adalah ketika I Rossoneri –julukan Milan– menang 1-2 (0-1) saat bermain di kandang Genoa dini hari kemarin (8/4). Adel Taarabt membuka kemenangan Milan saat pertandingan baru berjalan 20

menit. Wajah Seedorf semakin semringah setelah Keisuke Honda mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-56. Tuan rumah berhasil mempersempit kekalahan lewat gol bunuh diri kiper Christian Abbiati pada menit ke-73 ’’Ketika kemenangan tidak pernah datang, itu sangat normal. Artinya, kami harus bekerja lebih keras lagi. Saat ini, perjuangan keras itu mulai terbukti dan kami mulai berada di jalur yang benar. Hebatnya, pemain juga mulai mendukung penuh,’’ kata pelatih asal Belanda itu. Seedorf memang layak senang. Sebab, kemenangan tersebut adalah yang ketiga

secara berturut-turut untuk kali pertamanya di musim ini. ’’Kami sangat senang, karena ada perbaikan dan peningkatan kepercayaan diri pemain,’’ ungkapnya. ’’Hasil ini membuat peluang kami untuk mendapat tiket di Europa League kembali terbuka,’’ ucapnya. Secara khusus, Seedorf memberikan pujian kepada Honda yang ikut berkontribusi bagi kemenangan Milan. Sebuah tendangan chip cerdas yang dia lakukan berhasil memperdayai Mattia Perin, kiper tuan rumah. ’’Dia adalah pemain ekstra yang kami miliki, dan semua kredit pantas diberikan kepadanya. Apalagi, dia mampu mencetak

gol di Serie A, itu adalah sesuatu yang sangat memuaskan,’’ puji Seedorf. ’’Honda ikut berkembang bersama pertandingan tadi. Menghadapi lawan yang sangat agresif seperti Genoa, seharusnya itu adalah pekerjaan yang sangat sulit, tapi dia berhasil melawatinya,’’ tambahnya. Pelatih Genoa Gian Piero Gasperini menyebutkan, salah satu penyebab kekalahan mereka adalah banyaknya kesalahan mendasar yang dilakukan para pemain. ’’Gol pertama mereka (Milan, Red) itu terjadi karena murni kesalahan kami. Pemain belakang kami tak menutup ruang dan membiarkan Taarabt leluasa di area berbahaya kami,’’ keluh Gasperini. (jpnn/p5/c3/ewi)

FOTO REUTERS

Masih seperti Main Video Game SUDAH hampir sepuluh bulan Neymar menjadi bagian dari skuad Barcelona. Meski begitu, striker 22 tahun yang diboyong dari Santos itu mengungkapkan bahwa bermain untuk Barca masih seperti mimpi baginya. Neymar mengatakan, terkadang dirinya merasa bermain video game ketika duduk bersebelahan dengan bintang-bintang La Blaugrana di ruang ganti. Sebab, sebelum resmi hijrah ke Camp Nou, Neymar memang hanya bisa bermain bersama Barca via video game. ’’Bagi saya, bisa berada di posisi saya sekarang adalah sesuatu yang sangat sulit. Bermain untuk Barca adalah capaian tertinggi dalam karir saya,’’ ucap Neymar seperti yang dilansir Football Espana. ’’Karena itu, saya sangat nyaman berada di klub ini. Terkadang saya masih tidak memercayainya,’’ imbuh pemilik nama lengkap Neymar da Silva Santos Junior tersebut. Jika Neymar merasa nyaman berkarir bersama Barca, pelatih timnas Brasil Luiz Felipe Scolari malah berkomentar berbeda. Pelatih yang akrab disapa Felipao itu menilai Neymar justru tidak diperlakukan adil di Spanyol. Yang menjadi sasaran Scolari adalah kritik media Spanyol terhadap tudingan diving Neymar dalam El Clasico di kandang Real Madrid, Santiago Bernabeu, (23/3). Scolari menilai, kritik terhadap Neymar sudah di luar batas kewajaran. ’’Saya tahu mengapa mereka terus mengkritik Neymar. Mereka punya kepentingan. Kita tahu bahwa dia adalah bintang dan selalu menjadi penentu kemenangan. Karena itu, mereka ingin dia tidak dalam performa terbaiknya,’’ ungkapnya seperti dikutip AFP. (jpnn/p5/c3/ewi)

Eriksson Bertugas, United Cemas

MUENCHEN- UEFA telah menunjuk Jonas Eriksson sebagai wasit pada laga leg kedua perempat final Liga Champions antara Bayern Muenchen kontra Manchester United di Allianz Arena dini hari nanti WIB. Keputusan ini bisa mengundang kecemasan di kubu United. Sebab sepanjang musim ini, Eriksson memang selalu menjadi pengganjal klub-klub Inggris (lihat grafis). Yang paling kontroversial adalah saat

dia memberikan kartu merah kepada bek Manchester City Martin Demichelis pada laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Demichelis diusir setelah melanggar Lionel Messi di luar kotak penalti. Nah, Manajer City Manuel Pellegrini saat itu dibuat geram. Pasalnya, selain Demichelis diganjar kartu merah, Barcelona juga mendapat hadiah tendangan penalti. Padahal, pelanggaran

saat itu terjadi di luar kotak penalti. ’’Tentu saja saya kecewa. Sejak awal saya merasa wasit tak membuat keputusan yang fair. Saya pikir ini bukan ide yang bagus menugaskan wasit asal Swedia untuk memimpin laga sepenting ini,” kecam Pellegrini kepada Sky Sports saat itu. ’’Ini sebuah kesalahan menunjuk wasit yang pernah ’membantu’ Barcelona di masa lalu,” timpalnya merujuk kepemimpinan Eriksson saat memimpin laga Barcelona versus AC Milan pada 2012. Akibat kecamannya terhadap Eriksson, Pellegrini pun akhirnya harus menerima skors dilarang mendampingi tim selama tiga pertandingan. Eriksson sendiri sebetulnya punya catatan kinerja yang bagus di lapangan. Wasit 40 tahun itu sudah 20 tahun menggeluti profesi sebagai pengadil lapangan. Dia juga termasuk dalam deretan wasit yang terpilih untuk bertugas di Piala Dunia 2014. (jpnn/p5/c1/ewi)

JONAS ERIKSSON FOTO NET


12

RABU, 9 APRIL 2014

MENCARI PEMENANG SEJATI

MADRID - Empat kali bersua di tiga ajang berbeda musim ini, Atletico Madrid dan Barcelona belum bisa saling mengalahkan alias selalu seri. Masingmasing dua kali bermain tanpa gol (00) di Vicente Calderon dan dua kali dengan skor 1-1 di Camp Nou. Apakah pertemuan jilid kelima di Vicente Calderon dini hari nanti WIB kembali berakhir seri? Kemungkinan itu tetap terbuka dalam 2 x 45 menit atau bahkan saat berlanjut dalam 2 x 15 menit. Tetapi, seiring terjadi di leg kedua perempat final Liga Champions, mau tak mau laga harus memunculkan pemenang. Jika menilik kondisi terakhir, secara teknis kedua tim boleh dibilang berimbang. Atleti –sebutan Atletico Madrid– terancam tidak bisa menurunkan goal getter Diego Costa plus winger kreatif Arda Turan yang sama-sama belum pulih dari cedera masing-masing. Adapun Barca memiliki problem di pertahanan. Setelah kiper utama Victor Valdes mengakhiri musim lebih cepat, defender Gerard Pique juga menyusul cedera. Dengan kondisi seperti itu, faktor nonteknis mungkin yang berbicara. Saat ini, Barca tidak dalam kondisi ideal. Klub asal Catalan itu baru saja disanksi FIFA berupa embargo

transfer pemain selama dua periode atau hingga musim panas 2015. Direktur Olahraga Andoni Zubizarreta pun mengajukan pengunduran diri meski telah ditolak. Kondisi itu tentu bertolak belakang dengan tuan rumah. Setelah membuktikan mampu di atas Barca di klasemen sementara Primera Division (setidaknya hingga jornada ke-32), Atleti ingin melakukan hal yang sama di Liga Champions. Motivasi tersebut makin membara karena seandainya lolos ke semifinal, itu akan menjadi prestasi tertinggi Los Rojiblancos –sebutan lain Atletico– di Liga Champions. Capaian terbaik mereka adalah perempat final musim 1996-1997 dengan Diego Simeone, pelatih Atleti saat ini, masih berstatus pemain. ’’Saya berharap anak-anak bisa lebih hebat ketimbang era saya 17 tahun lalu,” kata

Simeone kepada Marca. Atleti pun didukung rekor home positif. Dalam 17 laga kandang di ajang Eropa, mereka memenangi 16 laga. Memang, Barca juga selama empat tahun tak pernah kalah di Vicente Calderon. Masalahnya, apabila mampu mengulang skor 0-0 seperti dua laga sebelumnya kontra Barca di Calderon, Atleti akan lolos. Namun, kapten Barca Xavi Hernandez meyakini timnya akan mampu mencetak gol, bahkan memenangi laga dini hari nanti. ’’Kami adalah tim yang dibangun untuk menyerang,” ungkapnya seperti dikutip Mundo Deportivo. Sementara, bek kanan Atletico Juanfran justru tak setuju timnya lebih fokus memburu skor 0-0. ’’Seandainya Diego Costa atau Arda Turan tidak bisa turun, itu bukan berarti kami tak memiliki kemampuan mencetak gol. Kami masih memiliki Guaje (David Villa), Diego Ribas, dan Adrian,” tuturnya. (jpnn/p3/c1/ewi)

Semangat Para Penghangat Bench DALAM leg pertama di Camp Nou, Jose Manuel Pinto mampu bermain menawan. Setidaknya untuk kiper yang jarang dimainkan seiring hanya berstatus cadangan di Barcelona. Nah, di Vicente Calderon, Pinto berpeluang kembali tampil bagus. Itu tak lepas dari rekor positif kiper dengan ciri khas rambut dikepang tersebut selama tampil di Calderon. Empat kali berlaga di stadion bintang lima UEFA

tersebut, tiga di antaranya di Primera Division, semuanya berakhir dengan kemenangan. Sepanjang karir, kiper 38 tahun itu tercatat telah sembilan kali bersua Atleti dengan hanya kalah dua kali. Karena itu, kehadiran Pinto di bawah mistar gawang Barca bakal membawa ketenangan tersendiri bagi rekan-rekannya. Salah satu media Spanyol bahkan memberi judul headline

’’Keajaiban Pinto” jelang laga dini hari nanti. ’’Dia (Pinto) bisa memberi rasa aman bagi pertahanan. Meski bukan pilihan utama, dia punya mentalitas bagus,” kata pelatih Barca Tata Martino. Jika Pinto memiliki statistik positif di Calderon, lain halnya dengan Marc Bartra. Bek tengah yang diproyeksikan menggantikan posisi Gerard Pique itu memiliki rekor buruk di kandang

Atletico. Saat melakoni debut bersama Barca di Calderon pada 2010, bek 23 tahun itu mengalami kekalahan 1-2. Hanya, kala itu, Bartra memang masuk saat Barca sudah tertinggal dua gol. ’’Kali ini, hasil di Calderon bakal berbeda karena dibandingkan empat tahun lalu, saya tentu lebih baik,” kata Bartra yang musim ini telah bermain dalam tiga laga di Liga Champions itu seperti dikutip AS. (jpnn/p3/c1/ewi)


13

RABU, 9 APRIL 2014

Lampung Cetak Sejarah!

braille cagub dan DPD juga sudah disediakan di TPS. Ini sudah diberitahukan kepada anggota Pertuni,” kata Daman kemarin. Sayangnya, kata Daman, dari sekitar 400 anggota Pertuni seLampung, hingga tadi malam belum semuanya mendapatkan formulir undangan memilih (model C6, Red). Meski begitu, dipastikan mereka tetap akan ke TPS.

BANDARLAMPUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung memastikan hanya tiga lembaga survei yang terdaftar untuk penghitungan cepat (quick count) hasil Pemilu DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, dan pemilihan gubernur (pilgub) hari ini (9/4). Ketiganya, yakni Rakata Institute, Trend Setter, dan Lembaga Lingkar Survey Indonesia (L2SI). Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono mengatakan, ketiga lembaga survei ini terdaftar dalam surat keterangan bernomor 142/KPU-Prov-008/III/2014 tertanggal 28 Maret 2014. Sementara KPU Lampung tidak melakukan quick count, namun menggelar real count berdasarkan rekapitulasi penyelenggara di tingkat bawah. ’’Memang ada tiga yang terdaftar. Kalau KPU sendiri tidak quick count, tapi real count,” kata Nanang kepada Radar Lampung di kantornya kemarin (8/4). Dia menjelaskan, lembaga survei yang melakukan penghitungan perolehan suara, yaitu Rakata Institute dan Trend Setter. Rakata Institute akan menghitung cepat pemilu legislatif (pileg) dan pilgub. Sedangkan Trend Setter hanya melakukan penghitungan pileg. Sementara L2SI hanya melakukan pemantauan dan pendidikan politik. Sebelumnya, Direktur Eksekutif Rakata Institute Eko Kuswanto mengatakan, Rakata Institute akan merilis secara resmi hitung cepat di Hotel Bukit Randu, Bandarlampung, mulai pukul 18.00 WIB petang ini. Rilis quick count dikemas khusus dalam Konser Suara Rakyat yang memadukan politik, sains, dan seni. Acara ini akan memadukan rilis hasil hitung cepat yang diperoleh dari kerja ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan. ’’Juga diselingi atraksi seni dari para mahasiswa bertalenta,’’ kata Eko beberapa waktu lalu.

Baca DISABILITAS Hal. 14

Baca TIGA Hal. 14

Patok Partisipasi Pemilih 80 Persen BANDARLAMPUNG – Koordinator Wilayah Lampung KPU Pusat Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan, Lampung diharapkan bisa mencetak sejarah. Sebab, pileg digelar bersamaan pilgub. Secara nasional, kata dia, target pemilih adalah 75 persen. Ia berharap tingkat partisipasi pemilih di Lampung bisa mencapai 80 persen karena ketertarikan masyarakat ke TPS pada hari ini (9/4). ”Kami berharap masyarakat Lampung menjadi bagian dari proses demokrasi yang lebih berkualitas. Jadilah pelaku sejarah daripada penonton sejarah. Karena inilah yang pertama pileg berbarengan dengan pilgub,” kata Ferry saat mengecek persiapan pemilu di KPU Lampung kemarin (8/4). Tadi malam, Ferry dan komisioner KPU Lampung turut mengecek persiapan tempat pemungutan suara (TPS) di sejumlah titik di Bandarlampung. Sementara hari ini, Direktur Baca LAMPUNG Hal. 14

FOTO TEGAR MUJAHID/DINA PUSPASARI/RADAR LAMPUNG

SIAPKAN TPS: Tampak warga mempersiapkan TPS 6 RT 12 Kelurahan Enggal di Gedung Veteran Enggal, Bandarlampung, kemarin. Anggota KPPS di TPS 5 Labuhanratu tengah menyiapkan bilik suara (foto bawah).

Disabilitas hingga Napi Siap Nyoblos BANDARLAMPUNG – Pemungutan suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung dan Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 akan diikuti semua kalangan. Mulai penyandang disabilitas, tahanan kepolisian, hingga warga binaan lembaga pemasyarakatan (lapas) siap menyalurkan hak pilihnya. Ketua Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Lampung Daman Purnama mengatakan, penyandang disabilitas tuna-

netra se-Lampung dipastikan akan ikut nyoblos pilgub dan pileg hari ini (9/4). Sosialisasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bandarlampung, kata dia, sudah dilakukan ke Pertuni. Salah satunya, tata cara pemungutan suara melalui satu template braille di tempat pemungutan suara (TPS). ’’Kami sudah diberikan sosialisasi tata cara pencoblosan. Tak berubah dibandingkan pemilu sebelumnya. Template

Tiga Lembaga Survei Gelar Quick Count


14

RABU, 9 APRIL 2014

TNI Siap Amankan Pemilu, Polda Petakan Kerawanan BANDARLAMPUNG – Komandan Korem 043/Garuda Hitam Kolonel Inf Irwan Sihar Marpaung melalui Kepala Penerangan Korem 043/Gatam Mayor C.H Prabowo mengungkapkan, ada atau tidaknya biaya yang diberikan untuk pengamanan pemilu, TNI siap melakukan pengamanan. Ia mengatakan, Danrem memerintahkan seluruh jajaran TNI di Lampung untuk maksimal dalam mengamankan pemilu. ’’Kalau masalah anggaran TNI memang minim meski jumlah wilayah teritorial yang luas. Tetapi ada atau tidaknya anggaran, kami kembali menegaskan akan tetap siap jalankan tugas membantu pengamanan pemilu yang memang merupakan wewenang kepolisian,’’ ujarnya kemarin. Sementara, Komandan Kodim 0410/BL Letkol Czi Efrijon Kroll memaparkan, realisasi harus tetap maksimal dalam sistem pengamanannya. ’’Tetap pantauan langsung di TPS, tetapi hanya di luar arena radius 100 meter untuk mendukung pemilu berjalan lancar dan sterilisasi netralitas,’’ ucapnya. Diketahui, total 1.800 personel TNI di Lampung akan ambil bagian dalam pengamanan pilgub dan pileg hari ini. Dua bagian tugas yakni pengamanan wilayah yang stand by Korem dan Kodim. Serta para personel akan mobile di lapangan, sehingga jika diperlukan akan mudah berkoordinasi dalam pengamanan. Sementara, Kapolda Lampung Brigjen Heru Winarko kemarin melakukan pengecekan ke lokasilokasi TPS. Kapolda meninjau TPS di Kalianda Lamsel. Sedangkan, hari ini dijadwalkan melakukan peninjauan di Kabupaten Lampung Tengah. Menurut Kapolda, jumlah TPS 16.492 dengan jumlah pemilih 5.899.211. Sebanyak 6513 personil pengamanan. Jumlah TPS yang berada di pulau-pulau sebanyak 40 TPS terdapat di 8 pulau. Terdiri dari Polres Bandarlampung yakni Pulau Pasaran 2 TPS, Polres Lamsel Pulau Sebesi 6 TPS, Pulau Rimau 1 TPS, Pulau Legundi 7 TPS, Pulau Pahawang 4 TPS, Pulau Pagar Jaya 5 TPS, Polres Tanggamus Pulau Tabuan 9 TPS, Polres Lambar, dan Pulau Pisang 6 TPS. Pengecekan TPS di Lamsel kemarin, tepatnya TPS 16, Wayurang, dan TPS 4, Desa Ranggu Tritunggal, Dusun Sukamaju, Lamsel. ’’Kesiapan TPS yang dikunjungi sudah siap semua,’’ kata Kabid Humas Polda AKBP Sulistyaningsih. Untuk wilayah rawan konflik di Lampung, kata Sulis, semua kabupaten/kota relatif sama berpotensi konflik. Namun Polda membagi tiga kategori yakni aman, rawan 1 dan rawan 2. Situasi tersebut dibagi berdasarkan tingkat terjadinya konflik. ’’Untuk TPS kategori aman menepatkan 2 personel kepolisian dengan 5 TPS dan 10 Linmas. Lokasi Rawan 1 dengan 2 personel, 2 TPS dan 4 Linmas. Lokasi rawan 2 menempatkan 2 personil, 1 TPS dan 4 Linmas,’’ pungkasnya. (ynk/ why/p5/c3/gus)

WALI KOTA FOTO IST

TINJAU TPS: Kapolda Brigjen Heru Winarko saat meninjau persiapan TPS di Kalianda, Lampung Selatan, kemarin.

Terima 161 Laporan BANDARLAMPUNG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung mencatat ada 161 laporan pelanggaran selama tahapan kampanye pemilu. Namun, semuanya itu tidak terbukti. Rinciannya 137 untuk pileg. Serta 24 laporan untuk pilgub yang terdiri 16 pelanggaran administrasi juga 8 pidana pemilu. ’’Kami mengeluarkan tujuh rekomendasi terkait laporan dan temuan ini. Masing-masing tiga rekomendasi internal dan empat eksternal,’’ kata Koordinator Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah dalam konferensi pers di kantornya kemarin (8/4). Khoir –sapaan akrabnya– membeberkan, yang menjadi catatan penting dari hasil pengawasan kampanye. Yaitu Bawaslu kesulitan menelusuri sumbangan dana kampanye. Untuk pilgub, empat pasangan calon terlambat menyampaikan laporan data dana kampanye. Seharusnya, laporan disampaikan sehari sebelum pelaksanaan kampanye. Selain itu, maraknya kampanye di jejaring sosial dan alat peraga kampanye (APK) yang tidak sesuai dengan ketentuan perundangundangan.

Ia juga menyatakan, banyak caleg, calon anggota DPD RI, serta cagub-cawagub memasang iklan kampanye di beberapa media massa sebelum masa kampanye 21 hari dimulai. Dan pada masa kampanye, Khoir mensinyalisasi ada birokrasi yang menggunakan fasilitas negara. Kemudian, lanjut dia, pada saat kampanye masih ada kebingungan tentang definisi kampanye hitam dan kampanye negatif. Ini membuat sejumlah masyarakat kebingungan terhadap kegiatan yang masuk kategori kampanye hitam dan kampanye negatif. Ada masyarakat yang menilai kampanye negatif sebagai kampanye hitam. ’’Sehingga, mereka pun menilai kampanye itu dilarang,’’ terang perempuan berkerudung ini. Dalam proses pengawasan, Khoir juga kerap mendapatkan perdebatan tentang mobil pribadi bergambar partai politik (parpol), caleg, serta calon anggota DPD RI. ’’Dan juga sering menerima pertanyaan apakah hal ini juga menjadi ranah pengawasan Bawaslu,’’ ujarnya. Banyak juga ditemukan kampanye terselubung dan politik uang yang dilakukan oleh caleg. Tetapi, Bawaslu kesulitan untuk mengung-

kap kampanye terselubung dan politik uang, salah satunya disebabkan barang bukti yang sulit didapat. Khoir mencontohkan, kasus pembagian bahan pokok dan uang ke masyarakat yang diduga dilakukan pasangan calon. Pada masa kampanye terbuka juga banyak anak yang ikut dalam kegiatan pawai atau arak-arakan. Kemudian, pada masa kampanye, peserta pemilu melibatkan pegawai negeri sipil (PNS) dan kepala desa. Untuk pilgub, ada PNS yang memberikan dukungan terhadap salah satu pasangan calon. ’’Juga, menggunakan tempat ibadah dan tempat pendidikan untuk berkampanye. Banyak pula peserta pemilu melakukan kampanye tanpa ada pemberitahuan. Yang juga menjadi catatan penting adalah penyalahgunaan wewenang oleh sejumlah kepala daerah,’’ kata dia. Selanjutnya, ada caleg melakukan kampanye terbatas kemudian membagikan ’’amplop’’ kepada masyarakat yang hadir dan melakukan ancaman kepada panitia pengawas lapangan (PPL) yang sedang bertugas. Sehingga, kasus tersebut dilimpahkan ke kepolisian sebagai pelanggaran pidana pemilu. Pada masa tenang pilgub, ada

tim kampanye yang diduga melakukan kampanye di luar jadwal dengan mengumpulkan kepala pekon dari tujuh kecamatan di Tanggamus. Pada masa tenang kemarin, juga banyak peserta pemilu yang melakukan ’’kampanye’’ terselubung melalui jejaring sosial. Sementara, rekomendasi internal yang dikeluarkan yaitu Bawaslu terus melakukan pembenahan untuk meningkatkan kinerja pengawasan, optimalisasi upaya pencegahan terhadap potensi pelanggaran, serta melakukan penanganan pelanggaran secara cepat, tepat, sederhana, dan tidak memihak. Sedangkan rekomendasi eksternal yang dikeluarkan yaitu Bawaslu akan berkoordinasi dengan partai politik dan pasangan cagub-cawagub untuk mencegah dan meminimalisasi pelanggaran, serta perlunya transparansi dana kampanye. Kemudian, perlu koordinasi yang baik antara Komisi Pemilihan Umum (KPU), kepolisian, dan kejaksaan agar proses penanganan pelanggaran dapat dimaksimalkan. Serta perbaikan regulasi terkait definisi kampanye yang harus memenuhi unsur kumulatif. (dna/ p5/c3/gus)

Sambungan dari Hal. 13 masalah,” katanya. Di Polresta Bandarlampung, sebanyak 135 tahanan juga bakal ikut nyoblos. Mereka akan menyalurkan hak pilihnya di sel tahanan mapolresta melalui TPS keliling yang datang ke sel mapolresta. Kasat Tahanan dan Barang Bukti Polresta Bandarlampung Iptu M. Yusuf mengatakan, para tahanan akan tetap memilih di tahanan dengan TPS keliling berkoordinasi dengan KPU. ’’Kita sudah koordinasi dengan KPU. Nanti tahanan tetap akan memilih di mapolresta,”

katanya. Menurut Yusuf, jumlah tahanan polresta sebanyak 135 orang. Rinciannya, di tahanan mako polresta sebanyak 60 tahanan dan dititipkan di Lapas Kelas 1A Rajabasa sebanyak 77 orang. ’’Sisanya tersebar di semua tahanan mapolsekta se-Bandarlampung,” tegasnya. Dua TPS di Lapas Sementara itu, para narapidana (napi) di Lapas Kelas 1A Rajabasa yang berjumlah sekitar 800 orang dipastikan akan ikut memilih. Para

napi akan memilih di 2 TPS lapas, yakni TPS 9 dan TPS 10. Kepala Bagian Tata Usaha Lapas Kelas 1A Rajabasa Nyamingun mewakili Kalapas Kunto mengatakan, persiapan di dua TPS lapas hingga pukul 19.00 WIB tadi malam sudah 100 persen. ’’Sebanyak 800 lebih warga binaan lapas akan ikut pemilu. Kami sediakan dua TPS dengan masingmasing melayani warga binaan yang sudah dipersiapkan. Pemilihannya akan diatur dengan tertib sesuai jadwal,” katanya semalam.

Menurutnya, pencoblosan di Lapas Kelas 1A Rajabasa dijadwalkan juga dipantau oleh Komnas HAM, Kanwil Kemenkumham, dan kejaksaan. ’’Sejauh ini persiapan sudah hampir final. Untuk petugas KPPS dari lapas, yakni KPPS TPS 9 Welly dan KPPS TPS 10 Yugo. Pengamanan melibatkan petugas lapas dibantu aparat kepolisian. Kotak suara dan persiapan pemungutan suara sudah siap. Tinggal menunggu surat suara tiba. Mungkin malam ini sudah siap,” ungkapnya. (gus/fbi/p6/c2/gus)

Sambungan dari Hal. 13

Tiga.. Rakata Institute akan bekerja sama dengan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) IAIN Raden Intan Lampung melakukan quick count. Rakata Institute dan FTK IAIN akan menempatkan 268 relawan untuk bertugas di 268 tempat pemungutan suara (TPS) yang terdistribusi secara proporsional se-Lampung. Metode yang digunakan adalah stratified random sampling dengan mempertimbangkan kepadatan jumlah pemilih setiap kabupaten/kota dan rerata jumlah pemilih di TPS. ’’Empat luaran yang akan dihasilkan dari hitung cepat nanti adalah perolehan suara parpol di dapil Lampung I dan II; suara caleg DPR RI dapil Lampung I dan II; serta suara calon anggota DPD RI asal Lampung,’’ ucap kandidat doktor Institut Teknologi Bandung (ITB) ini. Sementara itu, Universitas Lampung (Unila) hari ini juga akan

Pantau Pemilu di Mesuji KABUPATEN Mesuji mendapat perhatian khusus pemerintah pusat dalam menyukseskan pesta demokrasi tahun ini. Ya, H-1 kemarin secara khusus Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menerjunkan tim untuk menelaah hasil runutan proses persiapan hingga terlaksananya pemilihan hari ini. Wakil Ketua Komnas HAM Bidang Internal Ansori Sinungan mengatakan, Komnas HAM meminta jangan sampai ada pihak yang mencoba menyalahgunakan hak suara kaum kelompok rentan. Misalnya dengan tidak memenuhi hak politik mereka. Atau meski hak itu diberikan, pihak tertentu dilarang keras mengarahkan suara kelompok rentan ke pihak tertentu yang bertentangan dengan hati nurani masing-masing. Menurut Ansori, kelompok rentan adalah penyandang disabilitas, narapidana yang masih memiliki hak pilih, pasien-pasien rumah sakit, warga di daerah konflik, pekerja migran di luar negeri, dan penduduk di wilayah perbatasan. Dalam kunjungan ke Mesuji ini, perhatian secara khusus diberikan kepada warga Moro-Moro yang tergolong dalam warga di daerah konflik. Ansori mengatakan, secara khusus pihaknya telah mendata warga setempat pra-pemilu. Hari ini, saat pelaksanaan pemilu, pihaknya diam-diam akan ikut turun untuk memantau langsung di TPSTPS yang tersedia. Sayang, pihaknya tidak merinci berapa jumlah personil yang bakal turun melakukan pemantauan. Secara global dalam pengawasannya Komnas HAM mengerahkan seluruh komisionernya bersama staf. ’’Kami datang untuk memantau langsung pemilu di tempat-tempat berkumpul kelompok rentan di seluruh Indonesia,’’ ujarnya usai berkesempatan mengunjungi rumah Dinas Bupati Mesuji Khamami kemarin. (sur/p5/c3/gus)

Disabilitas.. ’’Hingga malam ini (semalam, Red), belum semua mendapatkan C6. Itu berdasarkan informasi dari rekan-rekan anggota Pertuni. Tapi, kami tetap akan ke TPS dengan membawa KTP. Katanya bisa pakai KTP,” ujarnya. Hanya, kata Daman, Pertuni berharap pendamping tunanetra di bilik suara berasal dari keluarga atau orang terdekat. ’’Sebaiknya sih kalau bisa pendamping kami dari keluarga atau orang terdekat. Ini agar kami lebih sreg saja. Tapi, kalau ada petugas TPS, ya nggak

KOMNAS HAM

melakukan quick count. Ketua Lembaga Penelitian (Lemlit) Unila Admi Syarif mengatakan, sistem quick count dalam bentuk real count information system (RCIS). ’’Dengan sistem penghitungan suara berdasarkan population based sudah diuji coba dan berjalan baik. Jadi siap diimplementasikan di lapangan. Tapi, RCIS hanya dilakukan di Kota Bandarlampung untuk hasil pilgub dan pileg,” kata Admi kemarin. Untuk mempermudah quick count, lanjut dia, dibuat tiga posko tim Information and communications technology (ICT) di Panjang, Telukbetung, dan Kemiling untuk mempercepat entry serta diseminasi pendataan. ’’Penghitungan mulai pukul 13.00 WIB. Seluruh relawan berjumlah 1.649 orang. Sedangkan surveyor sebanyak 280 orang mahasiswa. Mereka akan melaporkan data hasil pemungutan

suara ke server di Puskom Unila,” ungkapnya. TNI, Polda, dan Kesbangpol Menghitung Sementara itu, tercatat selain lembaga survei, aparat Korem 043/ Gatam juga akan ikut mendata hasil penghitungan suara pemilu. Danrem 043/Gatam Kolonel Inf. Irwan Sihar Marpaung melalui Kepala Penerangan Korem 043/ Gatam Mayor C.H. Prabowo mengatakan, jajaran korem juga akan melakukan pendataan hasil pemungutan suara. ’’Seluruh jajaran Korem 043/ Gatam yang terdiri atas kodim hingga koramil melalui para babinsa yang tersebar secara internal telah melaksanakan penghitungan hasil pemilu. Ini juga dalam upaya memetakan potensi konflik yang akan terjadi di beberapa wilayah,” katanya kemarin. Badan Kesatuan Kebangsaan

dan Politik (Kesbangpol) Lampung juga akan melakukan penghitungan hasil pemilu. ’’Penghitungan suara akan dilakukan melalui Desk Pilkada Kesbangpol,” ujar Kepala Kesbangpol Lampung Qudratul Ikhwan kemarin. Sementara itu, Polda Lampung juga akan melakukan penghitungan hasil pemilu. Kabid Humas Polda Lampung AKBP Sulistyaningsih mengatakan, polda akan memantau secara langsung hasil pemungutan suara secara terintegrasi dengan Mabes Polri. ’’Ya, kita akan monitor hasil pemungutan suara dan kita laporkan secara periodik ke Mabes Polri. Biasanya sekitar pukul 20.00 WIB sudah dilaporkan ke Mabes Polri,” ungkap Sulistyaningsih kemarin. Sementara itu, Universitas Lampung (Unila) hari ini juga akan melakukan quick count. Ketua Lembaga Penelitian (Lemlit) Unila

Admi Syarif mengatakan, sistem quick count dalam bentuk real count information system (RCIS). ’’Dengan sistem penghitungan suara berdasarkan population based sudah diuji coba dan berjalan baik. Jadi siap diimplementasikan di lapangan. Tapi, RCIS hanya dilakukan di Kota Bandarlampung untuk hasil pilgub dan pileg,” kata Admi kemarin. Untuk mempermudah quick count, lanjut dia, dibuat tiga posko tim Information and communications technology (ICT) di Panjang, Telukbetung, dan Kemiling untuk mempercepat entry serta diseminasi pendataan. ’’Penghitungan mulai pukul 13.00 WIB. Seluruh relawan berjumlah 1.649 orang. Sedangkan surveyor sebanyak 280 orang mahasiswa. Mereka akan melaporkan data hasil pemungutan suara ke server di Puskom Unila,” ungkapnya. (dna/why/ynk/p6/c2/gus)

Pastikan TPS Nyaman TAK ingin proses pemungutan suara di Bandarlampung belum siap, Wali Kota Herman H.N. kemarin melakukan sidak (inspeksi mendadak) ke tempat-tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di kota ini. TPS yang di sidak, yakni di TPS 05, RT 09, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Bumiwaras; TPS 10, RT 01, Lingkungan II, Kelurahan Panjang Utara, Kecamatan Panjang; TPS 21, Kelurahan Panjang Selatan, Kecamatan Panjang; serta TPS 4 dan 5, Kelurahan Waydadi, Kecamatan Sukarame. Selanjutnya TPS 6, RT 07 Gg. Cempaka, Kelurahan Tanjungsenang, Kecamatan Tanjungsenang; TPS 2, Jalan Komaruddin, Kelurahan Rajabasaraya, Kecamatan Rajabasa; TPS 5, RT 07, Kelurahan Kemilingraya, Kecamatan Kemiling; dan TPS 5, Kelurahan Susunanbaru, Kecamatan Langkapura, Bandarlampung. Dalam sidak tersebut, Herman H.N. memastikan TPS harus nyaman. Dia sempat berang melihat ada TPS yang belum siap membangun TPS di tempat tersebut. Seperti yang ada di TPS 05. Di tempat tersebut tendanya belum terpasang dan lantai tenda terlihat becek. Sehingga, orang nomor satu di Bandarlampung ini mengambil tindakan tegas dengan memindahkan TPS di lantai yang tidak ada airnya. ’’Ini gimana, kok belum siap gini, tenda belum dipasang, lantainya becek, kalau TPS-nya begini warga yang mau mencoblos kurang nyaman, segera pindahkan TPS-nya di tempat yang nyaman dan tidak becek,’’ tegasnya. Berbeda di TPS 10. Di tempat tersebut telah berdiri tenda yang akan digunakan untuk mencoblos. Tidak hanya itu. Meja dan kursi juga telah dipersiapkan panitia. ’’Ya kalau TPS-nya sudah siap, panitianya juga harus siap. Bekerja dengan baik ya kalau ada apa-apa, koordinasi sama camat, kepolisian, dan lainnya biar aman,’’ ungkapnya. (yud/p5/c3/gus)

Lampung..

Sambungan dari Hal. 13

Jenderal Kementerian Dalam Negeri Djohermansyah Djohan dan asisten deputi wakil presiden juga akan mengecek pemilu di Lampung. Terkait kunjungan ke Lampung, Ferry menilai, dari aktivitas persiapan yang sudah dilakukan secara teknis, nonteknis, serta manajerial, pileg dan pilgub yang dibarengkan dapat berjalan dengan baik. Masyarakat Lampung juga dituntut lebih dewasa untuk menggunakan hak pilihnya. Sementara itu, Ferry menekankan bahwa proses pemungutan dan penghitungan suara harus dilaksanakan secara tertib. Ia menuturkan, mekanisme penghitungan suara harus tertib. Yaitu dimulai dari suara DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, dan gubernur-wakil gubernur. ”Mekanisme penghitungannya tidak boleh tidak tertib. Jadi, jangan coba-coba ingin mendahulukan yang lain! Itu harus tertib dan diinformasikan ke penyelenggara di lapangan,” kata Ferry. Soal surat suara sisa, Ferry menginstruksikan petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) mencoretnya silang dua muka. Yaitu bagian depan dan belakang surat suara diberi tanda silang. Kemudian surat suara yang terpakai dan tidak terpakai dimasukkan dalam amplop terpisah. Untuk formulir penghitungan suara model C1 dan C1 plano, KPPS memasukkannya ke dalam amplop untuk menuju ke panitia pemungutan suara (PPS) tingkat kelurahan. Amplop itu dimasukkan ke dalam kotak suara. Ketika dibuka di PPS, formulir C1 akan dibuka sebagai pembanding penghitungan suara di TPS. Sementara Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono menyatakan siap menggelar pileg dan pilgub hari ini (9/4). Ia memastikan seluruh persiapan di 16.492 TPS yang tersebar di 14 kabupaten/kota sudah beres. Kemarin pagi, ia sudah melakukan evaluasi terakhir terhadap ketua KPU kabupaten/kota. ”Saya dari subuh sampai pukul 10.00 WIB evaluasi melalui grup BBM (BlackBerry Messenger),” kata Nanang di ruang kerjanya. Dari grup BBM itu, ia juga mengungkapkan bahwa logistik sudah masuk sampai pulau terpencil. Di antaranya Pulau Harimau di Desa Sumur, Kecamatan Ketapang; dan Pulau Sebesi di Desa Tejang, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan. Juga di Pulau Tabuan di Kecamatan Cukuhbalak, Tanggamus. ”Selain itu, logistik yang sampai kemarin tertukar antara daerah pemilihan Lampung I dan II sudah diselesaikan. Mereka (KPU kabupaten/kota, Red) tuker-tukeran lewat grup BBM,” ungkapnya. (dna/ p6/c2/gus)


RABU, 9 APRIL 2014

SOCIETY

15 MASIH AKTIF

MEMESONA

Gunung Anak Krakatau mengeluarkan debu vulkanik.

Melihat aktivitas Gunung Anak Krakatau dari dekat.

EKSOTIK: Keindahan area Gunung Anak Krakatau.

REPUTASI KRAKATAU YANG MENDUNIA WISATA FAVORIT

FOTO-FOTO NET

Tak hanya wisatawan lokal yang berkunjung ke Krakatau, banyak juga turis mancanegara.

PANORAMA alam Lampung luar biasa indah. Tak hanya di daratan, di dasar laut pun kecantikannya luar biasa. Salah satunya Krakatau yang merupakan kepulauan vulkanik yang masih aktif dan berada di Selat Sunda antara Pulau Jawa dan Sumatera. Terdiri dari Rakata, Sertung, Panjang, dan Anak Krakatau dengan total area 13.735 hektare. Letak Krakatau berada di bawah administrasi Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan. Reputasi Krakatau ini sangat mendunia. Bahkan seorang pelukis dunia, Edvard Munch, membuat sebuah lukisan yang disebutsebut harganya termahal di dunia. Lukisan tersebut konon dibuatnya karena terinspirasi letusan Gunung Krakatau tahun 1883. Walaupun gunung utama telah hancur, saat ini masih tersisa gunung muda yang diberi nama Anak Krakatau, yang tercipta karena erupsi bawah laut pada kisaran tahun 1927-1930.

Nama Krakatau ini pernah disematkan pada satu puncak gunung berapi di sana (Gunung Krakatau) yang sirna karena letusannya sendiri pada 26-27 Agustus 1883. Letusan itu sangat dahsyat. Awan panas dan tsunami yang diakibatkannya menewaskan sekitar 36.000 jiwa. Sampai sebelum 26 Desember 2004, tsunami ini adalah yang terdahsyat di kawasan Samudra Hindia. Suara letusan itu terdengar sampai Alice Springs, Australia, dan Pulau Rodrigues, dekat Afrika, 4.653 kilometer. Daya ledaknya diperkirakan mencapai 30.000 kali bom atom yang diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki di akhir Perang Dunia II. Letusan Krakatau menyebabkan perubahan iklim global. Dunia sempat gelap selama dua setengah hari akibat debu vulkanis yang menutupi atmosfer. Matahari bersinar redup sampai setahun

berikutnya. Hamburan debu tampak di langit Norwegia hingga New York. Anak Krakatau sekarang tumbuh menjadi 400 meter dengan tanaman pinus (casuarina equisetifolia), waru (hibicus tiiaceus), ketapang (terminalia catappa), serta jenis hewan biawak (veranus sp), tikus (rattus rattus), dan ular (phyton sp). Untuk menuju ke sana, kita sebaiknya melalui rute Lampung untuk menjangkau pulau-pulau di sana. Dari Jakarta, kita bisa menaiki bus menuju Pelabuhan Merak sekitar 3 jam. Lalu kita menaiki kapal laut menuju Pelabuhan Bakauheni selama 3 jam. Nah, dari sana belum sampai. Kita harus menempuh jalan darat sekitar 30 menit menuju Pelabuhan Canti. Setelah itu barulah kita dijemput kapal kayu khusus untuk menjangkau pulau-pulau di sana. Sebelum berpetualang di

Gunung Anak Krakatau, kita akan disuguhkan keindahan bawah laut yang masih asri dan indah. Jangan lupa menjelajahi dunia bawah laut. Ber-snorkeling di Pulau Sebuku, Pulau UmangUmang, dan Pulau Sebuku Kecil. Setelah puas, kita menuju Pulau Sebesi, gerbang utama Krakatau. Dari Pulau Sebesi ini, kita dapat melihat gunung perkasa yang diselimuti pasir hitam di tengah samudra luas. Kalau beruntung, kita dapat melihat letusanletusan kecil seperti pertunjukan kembang api. Untuk mengembangkan potensi Krakatau, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lampung bersama instansi terkait terus berkoordinasi untuk melakukan perbaikan infrastruktur. Disbudpar Lampung mengharapkan wisatawan yang menyaksikan aktivitas Anak Krakatau terus meningkat setiap tahunnya. (adv)


PENDIDIKAN

16

RABU, 9 APRIL 2014

Cerdas Berkualitas

Bobot UN Maksimal 40 Persen

BANDARLAMPUNG – Ujian nasional (UN) SMA tinggal sebentar lagi. Pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) pun telah ditutup akhir bulan lalu. Namun, Universitas Lampung (Unila) belum juga menentukan berapa bobot UN pada SNMPTN. Pembantu Rektor I Bidang Akademik Unila Hasriadi Mat Akin menerangkan hal itu kepada

Radar Lampung kemarin (8/4). ’’Persentasenya berapa, kami tidak tahu karena bergantung pelaksanaan UN, apakah kredibel atau tidak,’’ papar Hasriadi. Ia yakin belum ada satu pun rektor PTN yang dapat menentukan sebelum UN dilaksanakan. Hal ini dipicu pelaksanaan UN pada tahun sebelumnya. Bahkan, tahun lalu terjadi kekacauan di sejumlah daerah.

Sehingga, pelaksanaannya tidak serentak. Pun terjadi berbagai kecurangan akibat keinginan daerah lolos UN dengan persentase 100 persen. Nah, untuk menilai apakah UN 2014 benar-benar sesuai jargonnya, menjadi UN yang jujur, Unila akan meminta BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) untuk mengevaluasi UN di Lampung. ’’Terus terang

kami meragukan hasil UN tahun lalu. Untuk itulah, kita lihat pelaksanaan UN 2014 terlebih dahulu,’’ ungkapnya. Kendati begitu, Hasriadi memprediksi bobot UN dalam SNMPTN tidak akan lebih dari 40 persen. Sebab, bila lebih dari itu dapat menghancurkan kualitas SNMPTN. ’’Persentase UN tidak melebihi nilai rapor semester 1–5. Kami menghargai

proses belajar dibanding UN yang katakanlah hanya beberapa jam,’’ ucap Hasriadi. Atas dasar itu, ia meyakini nilai rapor lebih jujur dibanding UN. Kekhawatiran PTN ini memang ada benarnya. Seperti diberitakan harian ini kemarin, sejumlah isu miring mulai menerpa jelang pelaksanaan UN. Selain beredarnya kunci jawaban, lembar jawaban komputer (LJK)

pun dikabarkan tercecer. Adalah Sekretaris Rayon 17 Payudi menyampaikan kabar mengejutkan itu. ’’Hal ini terungkap saat rapat di dinas. Bahkan, LJK yang tercecer itu sampai masuk kotak sampah,’’ bebernya. Namun, dia enggan menyebutkan di mana persisnya masalah ini terjadi. ’’Yang jelas, itu benar-benar ada. LJK dilacak dan akhirnya baru ditemukan

Sukses di Kota, Bidik Even Provinsi BANDARLAMPUNG – Yusno Adi Nagoro, mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya, terpilih sebagai mekhanai Kota Bandarlampung 2014. Dia berhasil menyisihkan 14 finalis mekhanai lainnya di ajang bergengsi di Graha Parahita Marcopolo, Senin malam (7/4). Mahasiswa semester dua jurusan sistem komputer ini mengaku tidak menduga bisa meraih prestasi itu. Banyak pengalaman berharga yang ia dapatkan selama mengikuti proses pemilihan Muli-Mekhanai 2014. Selain menempa mental, ajang ini juga menambah wawasannya mengenai budaya dan segala potensi yang dimiliki Lampung. ’’Ketika diumumkan sebagai pemenang pada malam grand final, terus terang saya tidak menyangka. Apalagi dengan persaingan yang sangat ketat, semua peserta memiliki keunggulan dan berpeluang menang. Alhamdulillah, perjuangan saya selama ini tidak sia-sia,’’ ujar Yusno di kampusnya kemarin (8/4). Ia kini siap membidik kemenangan di ajang Muli Mekhanai Lampung. Terkait mimpi tersebut, Yusno siap memberikan yang terbaik. Beberapa persiapan dilakukan, mulai mental, skill, hingga wawasan. Untuk diketahui, runner-up finalis putra-putri minat bakat (PPMB) IBI Darmajaya 2014 ini lolos sebagai Mekhanai Bandarlampung 2014 setelah menyingkirkan finalis lainnya dari seluruh kecamatan.

Selain Yusno, ada Yogi Febrianto, yang terpilih sebagai mekhanai Pariwisata Bandarlampung dan Rita Sagita, mahasiswa IBI Darmajaya lainnya yang terpilih sebagai juara harapan III muli Bandarlampung. Prestasi tersebut, tak menjadikan ketiganya berpuas diri. Masing-masing mempunyai target bisa bersaing di ajang lebih bergengsi. ’’Kalau saya tidak mengejar target Muli-Mekhanai Lampung 2014, condong mempersiapkan diri untuk pemilihan duta genre provinsi tahun ini. Jika bisa lolos di ajang tersebut, kami mewakili Lampung di tingkat nasional,’’ aku Rita. Prestasi di ajang pemilihan muli-mekhanai tidak terlepas dari pembekalan selama mengikuti finalis PPMB IBI Darmajaya 2014. Rangkaian panjang dalam pemilihan duta kampus tersebut, menjadi pelajaran berharga bagi mereka dalam beberapa hal. Seperti public speaking, wawasan budaya Lampung, talent, dan bahasa Inggris. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Pengembangan Sumber Daya Novita Sari berharap, pencapaian mereka dapat memacu mahasiswa lainnya untuk mendulang prestasi. ’’Kepada para pemenang, diharapkan tidak cepat berpuas diri. Terus kembangkan potensi dan wawasan yang dimiliki, sehingga dapat bersaing di ajang lebih bergengsi,’’ pungkasnya. (fit/p3/c3/ade)

Pencairan Belum Merata

FOTO FITRIA

BERUSAHA DAN BERDOA: Selain berusaha dengan belajar, siswa SMA Al-Kautsar kemarin menggelar doa dan salat bersama menghadapi ujian nasional (UN) pada 14–16 April mendatang.

Al-Kautsar Doa dan Salat Bersama BANDARLAMPUNG – SMA Al-Kautsar menutup Program Peningkatan Prestasi Akademik (P3A) dengan doa dan salat duha bersama di Plaza AlKautsar pukul 07.30–10.00 WIB kemarin (8/4). Acara makin syahdu dengan persembahan dari siswa kelas X dan XI berupa pemberian bunga dan puisi untuk murid kelas XII yang sebentar lagi menghadapi ujian nasional (UN). Total ada 945 siswa dari kelas X sampai XII yang mengikuti acara ditambah

47 guru SMA Al-Kautsar. Kepala SMA Al-Kautsar Sukijo mengatakan, kegiatan rutin yang telah dilaksanakan dari 2006 itu sebagai bentuk dukungan moral maupun mental terhadap siswa kelas XII yang menghadapi UN pada 14–16 April mendatang. ’’Kegiatan P3A sudah dinilai dan berlangsung sejak Januari lalu. Di awal, kami pun telah melakukan kegiatan malam spiritual, musahabah, dan lainlain. Beberapa bulan ini, siswa

kelas XII belajar pendalaman soal dan diberikan motivasi setiap Jumat,’’ paparnya. Sukijo menambahkan, kegiatan P3A bertujuan supaya siswa kelas XII sukses UN dan masuk perguruan tinggi negeri. Agar lebih fokus, siswa kelas XII yang terdiri 8 kelas dipecah menjadi 10 kelas. Mereka diberikan materi UN dan nonUN. ’’Semoga Al-Kautsar lulus UN 100 persen,’’ harapnya. Dalam try-out gabungan seLampung, SMA Al-Kautsar untuk

IPS menduduki peringkat ketiga dan IPA posisi keempat. ’’Khusus sekolah swasta se-Lampung kita memperoleh peringkat 1,’’ tambah Sukijo. Pada masa tenang ini, ia mengimbau siswa kelas XII dapat menjaga diri dan menghindari sesuatu yang tidak diinginkan. ’’Seperti tidak terlalu banyak begadang, belajar jangan diforsir sehingga tidak terjadi kejadian seperti dua tahun lalu, yakni kecelakaan dan tifus,’’ ingatnya. (fit/p3/c3/ade)

Dapodik Selamatkan Uang Negara Rp3,2 T

FOTO DARMAJAYA

SUKSES: Inilah tiga jagoan IBI Darmajaya yang berjaya dalam ajang Muli-Mekhanai Kota Bandarlampung.

pada malam hari,’’ terusnya. Ia meminta persoalan-persoalan yang bakal membuat UN tidak kredibel seperti itu diminimalisasi, bahkan dihilangkan. Menjadi kewajiban semua pihak untuk memastikan hal ini. ’’Pada Jumat (11/4, Red), pengawas subrayon 17 akan dikumpulkan agar semuanya paham masingmasing job description-nya,’’ terangnya. (fit/p3/c3/ade)

BANDARLAMPUNG – Sistem data pokok pendidik (dapodik) sempat dihujat guru pemegang sertifikat guru profesional. Pasalnya, dapodik membuat sejumlah guru itu tidak mendapatkan tunjangan profesi (TP). Tetapi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tetap mempertahankan dapodik, karena berhasil menyelamatkan uang negara hingga Rp3,2 triliun. Selama ini, sistem dapodik baru dijalankan efektif untuk jenjang pendidikan dasar (SD dan SMP). Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P2TK) Ditjen Pendi-

dikan Dasar (Dikdas) Kemendikbud Sumarna Surapranata menuturkan, memang benar dengan adanya dapodik itu ada sejumlah guru bersertifikat yang tidak mendapatkan TP. Dia beralasan, guru-guru itu memang tidak layak mendapatkan, meski memiliki sertifikat guru profesional. ’’Justru kalau dicairkan los-losan begitu saja, bisa jadi temuan oleh BPK (Badan Pemeriksa Keuangan, Red),’’ tuturnya kemarin (8/4). Untuk itu, pejabat yang akrab disapa Pranata ini mengatakan, dapodik tetap dipertahankan. Dia mengatakan fungsinya sama

dengan saringan. ’’Sertifikat guru profesional itu hanya salah satu syarat mendapatkan TP,’’ ujarnya. Dengan adanya sistem dapodik itu, Pranata mengatakan Kemendikbud berhasil menyelamatkan uang negara hingga Rp3,2 triliun di APBN 2013 dari potensi kebocoran. Uang itu setara 9 persen dari pagu anggaran TP di APBN 2013 sebesar Rp43 triliun. Pranata mengatakan, seiring kuatnya sistem dapodik saat ini, tidak akan ada kebocoran anggaran TP di APBN 2014. Banyak kasus lolosnya penyaluran uang TP sebelum ada sistem

dapodik. Misalnya ada seorang guru yang memperoleh uang TP lebih dari satu kali dalam satu periode. Guru itu bisa mendapatkan banyak TP karena data nomor induknya tidak tertata rapi alias dobel-dobel. Kemudian ada guru yang mengajar tidak sampai 24 jam tatap muka per pekan, masih mendapatkan TP. Padahal, aturannya adalah TP itu diberikan kepada guru yang mengajar minimal 24 jam tatap muka per pekan. ’’Dengan dapodik juga ketahuan ada penipuan jam mengajar,’’ paparnya. (jpnn/p3/c3/ ade)

BANDARLAMPUNG – Tunjangan profesi (TP) bagi guru bersertifikasi di Kota Bandarlampung sejak kemarin (8/4) memang bisa dicairkan. Namun, baru terbatas untuk pendidik jenjang SD dan SMP. Sementara guru TK dan SMA belum menerimanya. Guru Kimia SMA Al-Kautsar Bandarlampung Ratna Juwita menerangkan, molornya dana sertifikasi hanya terjadi pada tahun pertama antara 2009–2010. Untuk tahun berikutnya enam bulan, dan dua tahun ini sudah normal per triwulan. Menurutnya, sebelum dana turun biasanya guru diminta menandatangani pencairan. ’’Nah sampai hari ini (kemarin, Red) belum ada yang saya tanda tangani. Saya pun tahu dari surat kabar mengenai pencairan tersebut. Alhamdulillah, jika memang cair. Namun tadi saya check masih belum,’’ ungkapnya. Guru TK Kartini Ismiyati mengatakan hal sama. ’’Dengardengar sih SD dan SMP yang sudah. Kalau TK, belum. Tanda tangan pencairan saja belum. Biasanya tanda tangan dulu baru 2–3 hari kemudian dana turun,’’ terangnya. Ia dan beberapa rekannya mengaku pernah menanyakan masalah ini ke Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandarlampung. Pihaknya mendapat jawaban paling lambat akhir bulan ini. Kepala SDN 1 Sawahbrebes Emi Desdiana membenarkan, dana sertifikasi belum cair. ’’Sebagian besar sekolah memang sudah. Tapi untuk sekolah kami bermasalah lantaran dapodik (data pokok pendidik) nggak bisa dibuka. Jadi beberapa hari ini sedang mendata ulang,’’ akunya. Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Disdik Kota Bandarlampung Khairul Athar menyatakan, sudah meninjau Bank Mandiri, BNI, serta BRI khusus untuk sertifikasi SD dan SMP. ’’Seluruh dana sudah masuk,’’ terangnya. Sementara, dia mengaku tidak mengetahui untuk TK dan SMA yang melalui Bank Lampung. (fit/p3/c3/ade)


RABU, 9 APRIL 2014

LAMPUNG RAYA

17

TANGGAMUS

Ditemukan Tak Bernyawa SELANG tiga jam setelah menghilang, mayat Rendi (35), warga Pekon Kagungan, Kecamatan Kotaagung Timur, Tanggamus, ditemukan di perairan Pekon Karta sekitar pukul 18.00 WIB Senin (7/4). Sebelumnya, ia tenggelam saat memancing sekitar sepuluh meter dari lokasinya ditemukan. Kepala Pekon Karta Yurizal M.Z. mengatakan, saat ditemukan, terdapat luka ringan pada tubuh Rendi. Diduga ini akibat benturan batu karang. ’’Kami temukan tidak bernyawa lagi. Badannya penuh luka lecet, diduga akibat benturan batu karang,” kata Yurizal kepada Radar Tanggamus (grup Radar Lampung) kemarin (8/4). Sementara kondisi Imron (37), rekan Rendi yang sempat tenggelam, sudah membaik. Sebelumnya, warga Pekon Karta itu sempat dilarikan ke RSUD Kotaagung. Usai mendapatkan perawatan, ia diperbolehkan pulang. Imron mengungkapkan, sebelum kejadian, ia dan korban sedang memancing di daerah yang banyak batu karang. Tiba-tiba ia melihat ombak besar dan air pusaran. ’’Waktu itu kami terpisah. Saya tidak bisa menolong Rendi. Saat itu ombak memang besar,” ujarnya. (zep/rnn/p7/c1/ais) FOTO NYOMAN SUBAGIO/RADAR LAMSEL/RNN

LAMPUNG SELATAN

Tahan Penjualan Gabah HARGA gabah kering giling (GKG) pada beberapa kecamatan di Lampung Selatan menurun. Seperti di Kecamatan Kalianda. Harga GKG di tingkat petani saat ini berkisar Rp3.700 per kilogram. Sebelumnya, harga GKG mencapai Rp4.200 per kg. ’’Sejak memasuki musim panen dua pekan terakhir, harga gabah terus turun. Saat ini penurunannya mencapai Rp500 per kilogram,” kata Jali, salah seorang petani di Desa Sukatani, Kecamatan Kalianda, kepada Radar Lamsel (grup Radar Lampung) kemarin (8/4). Ia mengaku petani tidak bisa berbuat apa-apa dengan penurunan harga GKG. Sementara, penurunan harga terkadang cukup tinggi. ’’Kami khawatir penurunan harga gabah terus terjadi ke depan. Kami berharap penurunan harga gabah tidak sampai di bawah HPP,” ujarnya. Sementara Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (DPTPH) Lamsel Muverdi C.H. mengatakan, fluktuasi harga gabah di tingkat petani lebih ditentukan oleh mekanisme pasar. Menurut dia, penurunan harga saat musim panen sangat mungkin terjadi. Mengingat pasokan padi dari hasil panen petani berlimpah. ’’Pembentukan harga di tingkat petani merupakan hukum pasar. Biasa terjadi saat musim panen,” sebut Muverdi. Di samping mekanisme pasar, harga gabah juga bisa dipengaruhi varietas yang ditanam. Karena itu diharapkan petani menahan penjualan gabah hasil panen. ’’Gabah hasil panen dapat disimpan terlebih dahulu. Baru dijual saat harganya bagus,” ujarnya. (idh/rnn/p7/c1/ais)

Usulkan Rekrutmen 3.142 CPNSD KOTAAGUNG – Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Tanggamus mengusulkan rekrutmen 3.142 CPNSD tahun ini. Usulan itu sudah disampaikan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada Februari lalu. Kepala BKD Tanggamus Jonsen Vanisa mengatakan, usulan itu berdasar hasil analisis pegawai dan kesesuaian kinerja pegawai masing-masing satker. Kebutuhan paling banyak ada di Dinas Pendidikan. Untuk formasi guru atau tenaga pendidik kekurangan 2.317 PNS. Kemudian formasi tenaga teknis seperti tenaga teknis penyuluhan pertanian, peternakan, perikanan, dan lain-lain membutuhkan 689 PNS. Selanjutnya formasi medis dan paramedis kekurangan 136 PNS. ’’Saat ini kami masih menunggu jawaban dari BKN. Berapa usulan formasi yang disetujui,” kata Jonsen, Senin (7/4). Dilanjutkan, analisis kebutuhan pegawai dilakukan dengan menyesuaikannya pada fakta di lapangan. Misalnya, kebutuhan tenaga bidan desa yang disesuaikan jumlah pekon. ’’Begitu juga tenaga pendidik, disesuaikan mata pelajaran di kurikulum yang harus diberikan,” ujarnya. (mul/rnn/sag/ehl/p7/c1/ais)

RUSAK PARAH: Kondisi jalan alternatif di Desa Bangunrejo, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan. Saat hujan, lubang jalan tertutup air hingga pengendara harus berhati-hati.

Inspektorat Periksa Satker Jumlah TKS Berlebihan PRINGSEWU – Inspektorat Pringsewu memeriksa sekretariat dan satuan kerja (satker) di pemkab setempat. Ini terkait dugaan rekrutmen tenaga kerja sukarela (TKS) oleh satker yang berlebihan. Inspektur Pringsewu Malian Ayub menyatakan, dari data yang diterimanya, jumlah TKS yang berlebihan itu ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Pasar, Dinas

Perhubungan, dan sekretariat DPRD. ’’Sebenarnya tidak ada ketentuan berapa honorer atau TKS yang dipekerjakan. Tergantung kemampuan keuangan pemerintah. Hanya, untuk menganggarkan dalam jumlah besar, selama ini terbentur aturan,” kata Malian. Menurut dia, sesuai ketentuan pemerintah daerah, jumlah TKS tidak lebih dari empat orang. Mereka terdiri sopir dan penjaga malam masing-masing satu orang, serta dua cleaning service.

’’Kenyataan di lapangan, TKS ini lebih dari 10 orang. Saya sendiri tidak tahu bagaimana caranya satuan kerja membayarnya. Apakah sudah dianggarkan dalam APBD atau sukarela,” paparnya. Malian mengungkapkan, tahap awal, pihaknya sudah melakukan sidak ke dinas-dinas dan instansi. Hasilnya, jumlah TKS itu memang berlebihan. Namun, sejumlah satker menyatakan beberapa pertimbangan merekrut TKS tersebut. Seperti di

Disdukcapil, rekrutmen TKS ini untuk membantu proses perekaman E-KTP. ’’Nanti kami rumuskan penyelesaiannya bersama dinas terkait dengan pemeriksaan reguler,” ujarnya. Di bagian lain, pekan depan, Inspektorat Pringsewu juga melakukan pemeriksaan reguler ke UPT pendidikan dan sekolah. Fokusnya pada masalah keuangan dan disiplin pegawai. ’’Biasanya temuan dalam peme-

riksaan reguler karena kurang tertibnya administrasi. Namun, hal ini tidak berarti terjadi penyimpangan. Itu karena para kepala sekolah tidak mendapatkan pembekalan,” ujarnya. Untuk itu, lanjut Mailan, Inspektorat menyiapkan dua tenaga teknis, yakni auditor khusus untuk pemeriksaan keuangan dan pejabat pemeriksa urusan pemerintah daerah (P2UPD) yang berkaitan dengan masalah kepegawaian. (mul/rnn/sag/p7/c1/ais)

Kenalkan Wisata Unggulan KALIANDA – Berbagai terobosan untuk mengenalkan potensi wisata dilakukan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan. Di antaranya dengan menggelar acara grand final Pemilihan Muli-Mekhanai di Pusat Pendaratan Ikan (PPI) Dermaga Bom Kalianda, Senin malam (7/4). Kepala Dinas Pariwisata, Seni, dan Budaya (Disparsebud) Lamsel Yansen Mulya mengatakan, PPI Dermaga Bom dipilih karena lokasi itu merupakan salah satu wisata kuliner unggulan. ’’Ini bertujuan memperkenalkan salah satu tempat pariwisata yang dimiliki Lamsel. Diharapkan kegiatan ini bermanfaat bagi generasi muda untuk mengembangkan dunia kepariwisataan dan kebudayaan,” kata Yansen. Sementara Bupati Lamsel Rycko Menoza S.Z.P. mengatakan, melalui kegiatan yang menjadi rangkaian Festival Rajabasa Ke-2 ini diharapkan seni dan budaya serta wisata daerah dapat tumbuh subur. ’’Saya optimistis seni dan budaya lokal dapat tumbuh serta berkembang menjadi ikon unggulan daerah,” ujarnya. Dilanjutkan, sejalan dengan perkembangan pembangunan serta peran dan fungsi Lamsel yang menjadi daerah tujuan

FOTO DISKOMINFO LAMSEL

SELAMAT: Pemenang Muli-Mekhanai Lampung Selatan foto bersama Bupati Rycko Menoza S.Z.P. Dalam kesempatan tersebut, mulimekhanai diharapkan memiliki pengetahuan luas tentang Lamsel agar bisa mempromosikan kabupaten itu.

wisata, muli-mekhanai juga dituntut memiliki pengetahuan yang luas tentang kabupaten ini. ’’Wawasan pengetahuan tersebut antara lain seluk-beluk, pernak-pernik, dan kebijakan serta hasil-hasil pembangunan Lamsel. Ini menjadi modal dasar untuk mempromosikan dan menginformasikannya kepada masyarakat. Mudah-mudahan Muli-Mekhanai Lamsel 2014 menjadi duta yang andal, berkualitas, dan me-

menuhi harapan,” paparnya. Diketahui, Pemkab Lamsel mengembangkan konsep industri wisata. Langkah ini dilakukan dengan mengoptimalkan daerah-daerah wisata dan penunjang lainnya untuk menarik minat wisatawan. Ada tiga kecamatan yang dinilai memiliki potensi wisata. Masing-masing Kecamatan Kalianda, Bakauheni, dan Rajabasa. Pada daerah itu akan dikem-

bangkan desa wisata. Pemkab memiliki tim untuk mengembangkan konsep industri wisata ini. Tim terdiri Dinas Pariwisata, bagian perekonomian, asisten bidang keuangan dan pembangunan (ekubang), serta sejumlah pihak terkait lainnya. Tim nantinya melakukan studi ke daerahdaerah lain yang sektor pariwisatanya maju untuk dijadikan tolok ukur. (iwn/ rnn/hyt/p7/c1/ais)


18

IKLAN

RABU, 9 APRIL 2014


LAMPUNG RAYA

RABU, 9 APRIL 2014

19

’’Kami Hanya Cari Makan’’ FOTO RIDUAN/RADAR KOTABUMI/RNN

DIALOG: Sekkab Lampura Hamartoni Ahadis (berkacamata) didampingi Lurah Kotabumi Udik Marzulu Amwa dan Asisten II Fahrizal Ismail saat berdialog dengan para pedagang kemarin (8/4).

KOTABUMI – Rencana penertiban pedagang kaki lima (PKL) di Pasar Kotabumi oleh Pemkab Lampung Utara membuat PKL resah. Mereka berharap pemkab memberikan toleransi. Seperti yang diungkapkan Reza, salah satu PKL. Dia mengaku berjualan untuk menyambung hidup. ’’Kami (PKL, Red) ini berjualan hanya untuk makan. Bukan buat cari kaya,” katanya saat menyambangi kantor Radar Kotabumi (grup Radar Lampung) kemarin. Senada disampaikan Erwan (35), PKL lainnya. Dia menyetujui jika Pemkab Lampura menata

PKL. Namun yang diharapkannya, pemkab tidak tebang pilih dalam penertiban. ’’Kalau memang mau ditertibkan, ya semua. Jangan ada tebang pilih!” tandasnya. Di sisi lain, Pemkab Lampura memang berencana menertibkan kesemrawutan di Pasar Pagi, Pasar Dekon, dan Pasar Ganefo Kotabumi. Kesemrawutan itu disebabkan keberadaan PKL yang berjualan di luar areal pasar, bahkan menggunakan badan jalan. Sehingga dua jalan yakni Jl. Triodeso dan Jl. Pemuda kini tidak dapat dilalui kendaraan.

’’Dengan situasi seperti ini, secepatnya kita tertibkan,” ujar Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lampura Hamartoni Ahadis usai meninjau Pasar Kotabumi kemarin. Menurut dia, peninjauan dilakukan dengan cara berdialog kepada sejumlah PKL dan dilakukan secara persuasif. Berdasarkan hasil dialog dengan pedagang, banyak pedagang yang keluar dari kompleks pertokoan di Pasar Pagi Kotabumi karena sepinya pembeli yang masuk areal pasar yang disebabkan tidak tertatanya para pedagang.

’’Para pedagang menyatakan siap berjualan dalam areal pasar, asalkan ditata ulang penempatannya. Sebagai contoh untuk kawasan pedagang ikan harus seluruhnya ditempati pedagang ikan,” katanya. Kemudian, lanjut Hamartoni, secepatnya pemkab menganalisis kebutuhan tempat bagi pedagang dengan melibatkan seluruh satuan kerja terkait. Lalu, pihaknya akan mengundang para pedagang untuk menyerap aspirasi yang mereka inginkan, guna disampaikan ke bupati buat dirumuskan pemecahan masalahnya.

Dipastikan dalam kurun waktu satu tahun semua permasalahan kesemrawutan pasar di Lampura dapat terselesaikan. Lebih lanjut Hamartoni mengharapkan para pedagang terus mendukung program pemerintah yang salah satunya tentang penertiban pasar. Karena dengan adanya penertiban ini untuk memberikan manfaat yang lebih bagi para pedagang. ’’Mudah-mudahan dalam setahun, persoalan tentang pasar ini bisa terselesaikan,” pungkasnya. (rid/rnn/p6/c1/ whk)

PESISIR BARAT

Sosialisasikan KTR SEJAK kemarin (8/4), Kabupaten Pesisir Barat menerapkan kawasan tanpa rokok (KTR). Hal ini berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 2 Tahun 2014 dan Peraturan Bupati (Perbup) No. 18/2014 tentang KTR. Untuk itu, pemkab berencana menyediakan ruangan khusus merokok di setiap lokasi perkantoran pemkab. Sekretaris Kabupaten Pesisir Barat Fredy mengatakan, pihaknya segera menyosialisasikan KTR di lingkungan pemkab. ’’Memang benar, hari ini (kemarin, Red) kami sudah menerapkan Perbup No. 18/2014 tentang KTR. Untuk sementara, kami baru terapkan di lingkungan perkantoran karena masih tahap sosialisasi. Ke depan diterapkan di seluruh satuan kerja dan sekolah serta puskesmas,” jelasnya. Mantan asisten II Pemkab Pesawaran ini melanjutkan, perbup itu masih tahap sosialisasi sehingga belum diterapkan sanksi bagi yang melanggarnya. ’’Setelah tahapan sosialisasi selesai, baru diterapkan sanksi,” tandasnya. Mantan kepala Bappeda Lamsel ini berharap seluruh PNS di Pesisir Barat menaati perbup tersebut. ’’Karena setelah perkantoran selesai tahap sosialisasinya, akan berlanjut di tempat umum,” katanya. (yan/rnn/p6/c1/whk)

TUBA BARAT

Tangkap Pembunuh Ibu Hamil! BELUM tertangkapnya ”R” yang diduga sebagai pelaku pembunuhan Eka Setiawati (23), warga Kampung Penumangan Baru, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tuba Barat, terus menuai sorotan dari berbagai pihak. Salah satunya dari kalangan legislatif di kabupaten setempat. Wakil Ketua DPRD Tuba Barat Bukhori Muzammil berharap seluruh elemen masyarakat dapat membantu aparat kepolisian menangkap pelaku yang tega menghabisi ibu dari Andika Agus Mentari Putri (5) tersebut. Sebagai wakil rakyat di DPRD Tuba Barat, ia pun mendesak aparat kepolisian berkoordinasi dengan kepala satuan kewilayahan lainnya di daerah Lampung dan luar Pulau Sumatera. Sebab, ia yakin dengan cara ini, pelaku dapat segera ditangkap. ’’Yang tidak kalah pentingnya, seluruh elemen masyarakat yang cinta kedamaian dan ketenangan juga hendaknya bisa membantu,” ujar Bukhori kemarin. Dia pun memastikan upaya aparat kepolisian dari Polres Tuba telah maksimal. Namun lantaran keberadaannya yang sulit terlacak, sehingga membuat pelaku belum juga dapat mempertanggungjawabkan perbuatannya di mata hukum. Kepada pihak keluarga, Yoi –sapaan akrab Bukhori– juga meminta agar membantu pihak kepolisian. Sebab, aparat akan mempunyai pertimbangan jika pelaku bersedia menyerahkan diri dan mengakui kekhilafan yang telah diperbuat. Diketahui, Kamis malam (13/2) merupakan malam terakhir bagi Eka Setiawati wanita yang tengah hamil empat bulan itu ditemukan tewas oleh Kasmuri (27), suaminya, dengan posisi tersungkur di depan tungku dapur masak. (fei/p6/c1/whk)

Kota Pendidikan, Bersih, dan Hijau

METRO – Kota Metro dikenal sebagai Kota Pendidikan. Sebutan itu tidak berlebihan. Sebab, di kota ini terdapat 191 lembaga pendidikan dari taman kanakkanak (TK) hingga perguruan tinggi. Rinciannya 50 TK, 66 SD, 31 SMP, 23 SMA, 16 SMK, dan 11 perguruan tinggi. Guna mendukung visinya sebagai Kota Pendidikan, Pemkot Metro menaikkan anggaran pendidikan. Pada 2014, Kota Metro mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar Rp267 miliar atau 37 persen dari total belanja APBD. Dana tersebut dialokasikan untuk mendukung pembangunan pendidikan. Di antaranya kualitas belajar siswa, kualitas SDM guru, prestasi, fasilitas memadai, infrastruktur, serta penunjang pendidikan lainnya. Wali Kota Metro Lukman Hakim menjelaskan, indikator keberhasilan menjadi Kota Pendidikan sudah tercermin dan dikenal hingga luar Lampung. Terbukti, kini Metro merupakan tujuan pendidikan bagi warga dari luar daerah. Sedikitnya tercatat 30 ribu warga di luar Metro, bahkan Sumatera dan Banten bersekolah di Metro. Itu termasuk warga dari 14 kabupaten/kota di Lampung. ’’Saat ini terjadi penambahan

FOTO IST

PRESENTASI: Wali Kota Metro Lukman Hakim saat mempresentasikan program EcoDistrict di Jakarta bulan lalu.

LUKMAN HAKIM jumlah penduduk di daerah yang cukup tinggi. Mayoritas adalah pelajar dan mahasiswa,” jelas Lukman Hakim. Selain itu, Metro juga dipilih sebagai pilot project pendidikan inklusif di Lampung. Untuk mewujudkan menjadi kota inklusif, Pemkot Metro bersama Unesco mengadakan MoU pengembangan kota inklusif pada 4 November 2013 lalu. Lukman menyatakan, di Metro terdapat  385 penyandang disabilitas. Dengan adanya MoU dengan Unesco, maka pemkot akan memberikan kesempatan kepada penyandang disabilitas untuk berkarya dan berpartisipasi dalam pembangunan. Sebagai tahap awal, pemkot telah memberikan kesempatan kepada penyandang cacat untuk mengikuti pendidikan di sekolah umum melalui jalur inklusif. ’’Berikan ruang dan hak mereka. Mereka sama dengan yang lain!” tegas Lukman. Di bagian lain, Metro juga termasuk di antara sejumlah kota di Indonesia yang meraih penghargaan Adipura. Itu menyusul

keberhasilan Kota Metro menjaga keamanan, kenyamanan, kebersihan, kelestarian, dan keserasian lingkungan. Lukman Hakim mengatakan, prestasi tersebut tidak terlepas hasil kerja sama dan kinerja yang baik antara pemkot dan seluruh elemen masyarakat. ’’Tak mudah meraih penghargaan tersebut, memerlukan waktu dan program yang berkelanjutan,” jelasnya. Menurut dia, untuk menjaga kebersihan dan ketertiban kota sudah memiliki perangkat pasukan kuning untuk menangani kebersihan kota dan pasukan hijau yang menangani pertamanan. Dijelaskan Lukman, lingkungan yang bersih harus terjaga dan terpelihara di mana-mana sejalan dengan pertumbuhan kota. Tempat-tempat pembuangan sampah disediakan di tempat umum, sosial, terminal, pasar, rumah sakit, sekolah, dan kantor pemerintah. Selain kebersihan, penghijauan lingkungan kota juga jadi prioritas utama. Lukman menyatakan tak ingin melihat kotanya rapi dan bersih

karena menghadapi perlombaan, tetapi kondisi tersebut harus terpelihara setiap saat. ’’Tentu, kita akan berupaya semaksimal mungkin meraih kembali Adipura di masa mendatang,” kata dia. Dalam pandangan Lukman, konsep kota bersih dan hijau bukan semata-mata untuk meraih Adipura. Namun, kebiasaan ini ingin dibangun sebagai tradisi masyarakat yang mendarah daging dan berkesinambungan. Lukman menambahkan, Kota Metro yang bersih, sejuk, dan indah merupakan hasil kedisiplinan serta jerih payah dari masyarakat dan aparat pemkot. Kota Metro juga merupakan satu dari delapan kota lain di Indonesia yang terpilih untuk diikutsertakan dalam kerja sama dengan Pemerintah Prancis melalui program EcoDistrict. Sebagai tahap awal, Lukman telah mempresentasikan proposal final EcoDistrict di Jakarta pada 3-5 Maret 2014 lalu. Pada kesempatan itu, Lukman memaparkan kondisi eksisting serta konsep EcoDistrict yang ditawarkan kepada Pemerintah

Prancis jika nantinya terpilih menjadi mitra kerja sama. Lukman menjelaskan, lokasi yang akan dikembangkan menjadi kawasan EcoDistrict Kota Metro terdapat di Kelurahan Iringmulyo, Kecamatan Metro Timur, dengan luas wilayah perencanaan 128 hektare. Kelurahan itu dipilih untuk dikembangkan menjadi kawasan EcoDistrict karena dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Metro tahun 2011-2031, Kelurahan Iringmulyo ditetapkan sebagai kawasan strategis pendidikan serta kawasan strategis perdagangan dan jasa skala regional. Kelurahan Iringmulyo juga memiliki taman publik dengan atribut hijau, terdapat rusunawa, memiliki kepadatan penduduk cukup tinggi (82 orang per hektare), serta banyak mendapatkan penghargaan baik tingkat kota, provinsi, maupun nasional. ’’Visi EcoDistrict Kota Metro yang ditetapkan adalah Metro sebagai Kota Pendidikan yang Unggul, Sejahtera, dan Berkelanjutan,” ucap Lukman. (wid/ p6/c1/whk)


20

LAMPUNG RAYA

RABU, 9 APRIL 2014

Korsleting, Rp1 M Ludes BALIKBUKIT – Ribuan warga Kecamatan Balikbukit, Lampung Barat, kemarin (8/4) panik. Api mengamuk serta melalap lima unit rumah dan toko (ruko) beserta tiga kontrakan di Pasar Liwa. Kerugian diperkirakan mencapai Rp1 miliar lebih. Warga tak dapat berbuat banyak. Angin yang berembus kencang memudahkan si jago merah melahap apa pun di depannya. Tidak ada satu pun barang seperti peralatan elektronik dan pakaian yang berhasil selamat. Tercatat, satu sepeda motor Yamaha V-ixion dan Suzuki Spin ikut hangus. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lambar Ruspan Anwar mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 07.30 WIB. Api berasal dari salah satu rumah kontrakan milik Hi. Faisol yang dihuni penjual nugget keliling. ”Ketika itu penghuni rumah tak di tempat. Diduga lantaran korsleting l i s t r i k ,” ungkapnya. Kemudian

api menjalar dua ruko milik Faisol lainnya, satu ruko milik almarhum Pisla Mimba, dan ruko milik Hi. Muis. ’’Warga telah berusaha memadamkan api. Namun, karena penghuni kontrakan itu tidak berada di tempat, warga kesulitan disebabkan pintu rumah terkunci. Akibatnya, api membesar dan membakar sejumlah ruko,” kata Ruspan. Mendapat laporan, petugas BPBD langsung terjun ke lokasi dan mengerahkan tiga unit kendaraan pemadam kebakaran. Yaitu dua unit kendaraan pemadam dari UPT Liwa dan satu unit dari Krui, Kabupaten Pesisir Barat. Warga juga setempat mengerahkan dua unit mobil penjual air keliling untuk membantu. Namun, si jago merah benar-benar ganas. Beribu liter air yang dimuntahkan tak mau membuatnya berhenti mengamuk. Api baru dapat dijinakkan dua jam kemudian. Selain warga, kita dibantu Kodim 0422 LB, anggota polres, dan anggota Polsek Balikbukit untuk memadamkan api. ”Kita memperkirakan Rp1 miliar lebih,” ucapnya. Selain bangunan dan isinya, seluruh dokumen,

seperti ijazah, sertifikat, serta dokumen penting milik Hi. Faisol dan almarhum Pisla amblas. Sedangkan dokumen di ruko yang dijadikan counter milik Hi. Muis, sebagian besar dapat diselamatkan. ”Pada waktu kebakaran, keluarga almarhum Pisla sedang tidak berada di rumah. Mereka sedang ke Bandarlampung. Beruntung, dalam musibah ini tidak ada korban jiwa. ”Tadi bupati beserta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Lambar juga berkunjung ke lokasi tempat terjadinya kebakaran,” katanya. Di lain pihak, Ros, salah seorang warga Kecamatan Balikbukit, menyayangkan kinerja pemadam kebakaran yang lamban. ”Masak baru beberapa menit menyemprotkan air, malah air di dalam mobil habis. Padahal mobil pemadam kebakaran itu baru datang dari kantor pemkab,” keluhnya. Terpisah, Wakil Bupati Lambar Makmur Azari menyatakan bahwa petugas telah berupaya maksimal. ’’Ke depan, kita akan berupaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) untuk petugas pemadaman kebakaran dan fasilitas kendaraan. Kita akui, memang kendaraan pemadam sekarang ini masih sangat sedikit dan belum ideal,” ungkapnya. (rnn/p7/c2/ade) AMUKAN JAGO MERAH

Kebakaran yang melantak lima unit ruko beserta tiga kontrakan di Pasar Liwa, Kecamatan Balikbukit, Lampung Barat.

FOTO RNN

Hama Menyerang, Petani Harapkan Pemkab WAYKANAN – Sejumlah tanaman padi petani di Kecamatan Banjit, Waykanan, diserang hama penggerek batang. Hama memakan padi hingga menyisakan batang. Karena itu, petani meminta perhatian dari Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perikanan (Distannakkan) Waykanan untuk memberikan bantuan obat. Imam (44), petani warga RT 03/RW 02 Banjit, menjelaskan, tahun lalu petani ladang mem-

peroleh hasil sangat sedikit. Hal itu juga disebabkan serangan hama padi. Karena itu, agar tidak terulang, ia meminta pemerintah memberikan perhaian dengan bantuan obat untuk membasmi hama. ”Sehingga musim tanam padi kedua yang telah berlangsung selama dua bulan ini dapat berjalan lancar,” harapnya. Menurutnya, hama sangat ganas sehingga banyak bibit padi yang baru ditanam di sawah

sebagian daunnya rusak.  Selain bantuan obat, ia berharap pemkab dapat menyediakan traktor untuk mengolah tanah pada sawah dengan sistem tadah hujan itu. ”Ya, kami selama ini menyewa traktor,” ungkap Imam diamini petani lainnya, Eduar, Eko, dan Sabtu. Celakanya, traktor itu hanya satu. Sehingga sesama petani terpaksa antre untuk mendapatkannya. Terkadang, lahan sampai tidak ditanami karena

ketiadaan traktor. Karena itu, ia meminta ada perhatian pemerintah dalam mengatasi persoalan yang sudah menahun ini. ”Kiranya pemerintah bisa membantu, karena sebagian besar masyarakat Banjit, terutama yang berada di pinggiran kabupaten ini, menggantungkan hidup dari bertani,” ungkap Eko (40), salah seorang anggota Gapoktan Kecamatan Banjit. (ozy/rnn/p7/c2/ade)


RABU, 9 APRIL 2014

21

Bukan Sekadar Berita! 04:39

11:59

15:16

18:00

19:09

UNTUK BANDARLAMPUNG DAN SEKITARNYA

DPR Juga Kritik Kemenag JAKARTA – Kebijakan Kementerian Agama (Kemenag) yang juga turut menangani ibadah umrah terus menuai kritikan. Setelah dikecam para pengusaha travel agent Lampung, Komisi V DPRD, dan kalangan akademisi, kini giliran politisi Senayan ikut angkat bicara mengenai kebijakan itu. Seperti yang dikatakan anggota DPR RI asal Lampung Almuzzamil Yusuf. Menurut dia, kendati program yang ditawarkan Kemenag dalam penanganan umrah baik, sebaiknya instansi tersebut tidak turut menangani penyelenggaraan umrah. Mengingat, masih buruknya pelayanan haji yang diberikan pemerintah saat ini. Seharusnya, kata dia, Kemenag perlu lebih fokus pada perbaikan pelayanan haji. Termasuk biaya murah haji, kualitas pemukiman, makanminum, dan pelayanan kesehatan.

Jangan Alihkan Arus Kendaraan PAK, saya salah satu mahasiswa Universitas Lampung yang menggunakan jasa angkutan umum. Namun, hampir setiap pagi arus kendaraan dari Tanjungkarang menuju Unila selalu dialihkan ke Rajabasa. Kami merasa dirugikan waktu dan secara ekonomi. Di mana, kami harus datang tepat waktu dan menambah membayar ongkos karena turun di traffic light Unila. Lalu, melanjutkan naik angkot menuju Unila. Kami berharap kepada polisi yang berjaga untuk membiarkan angkutan umum masuk. (08538137xxxx)

FOTO TEGAR MUJAHID/RADAR LAMPUNG

Baca DPR Hal. 22

GIGIH: Salah seorang petugas kebersihan tengah menyapu jalan protokol Kota Bandarlampung kemarin.

Terancam Enam Tahun Penjara

BANDARLAMPUNG – Sikap profesional ditunjukkan Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Bandarlampung. Korps Bhayangkara ini bekerja cepat mengusut kasus

kecelakaan yang melibatkan anggota Komisi B DPRD Bandarlampung Mintarsih Yusuf. Kemarin (8/4), anggota legislatif (aleg) dari Partai Golkar itu secara resmi ditetapkan

tersangka oleh penyidik Unitlaka Satlantas Polresta Bandarlampung. Baca TERANCAM Hal. 22

Jeratan Pasal Aleg Pasal 310 (1) Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor yang karena kelalaiannya mengakibatkan kecelakaan lalu lintas dengan kerusakan kendaraan dan/atau barang sebagaimana dimaksud dalam pasal 229 ayat (2), dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) bulan dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000 (satu juta rupiah). (4) Dalam hal kecelakaan sebagaimana dimaksud pada ayat (3) yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia, dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp12.000.000 (dua belas juta rupiah). Sumber: UU No. 22/2009 tentang UULAJ GRAFIS: AYEP KANCEE

Kondisi Gedung DPRD Bandarlampung Sehari sebelum Pemilu

Hanya Ada PNS, Anggota Dewan Tak Satu pun Hadir Hari ini (9/4), rakyat Indonesia menggelar hajat demokrasi lima tahunan. Khusus Provinsi Lampung, selain memilih anggota legislatif dan DPD, juga digelar pemilihan gubernur dan wakil gubernur Lampung. Kemarin, Radar Lampung menyempatkan diri berkunjung ke gedung DPRD Bandarlampung untuk mengetahui kondisinya sehari sebelum pelaksanaan pemilihan umum (pemilu). Laporan Yuda Pranata, BANDARLAMPUNG SOROTAN penuh selidik terpancar dari mata empat anggota Badan Polisi

NGANGGUR Siswa PKL di Gedung DPRD Bandarlampung asyik bermain handphone lantaran tidak ada pekerjaan yang harus dilakukannya kemarin. FOTO TEGAR MUJAHID/RADAR LAMPUNG

Pamong Praja (Banpol PP) Bandarlampung yang menjaga lantai 2 gedung DPRD Bandarlampung saat melihat Radar Lampung memasuki kantor

yang berada di Jl. Basuki Rahmat, No. 21A, Telukbetung Utara (TbU), Baca HANYA Hal. 22


METROPOLIS 22

RABU, 9 APRIL 2014

Bukan Sekadar Berita!

Sambungan dari Hal. 21

Terancam..

Puskesmas Tak Ada Ambulans TOLONG Puskesmas Rawat Inap, Kecamatan Kalirejo, Lampung Tengah, belum ada ambulans. Kami sudah mengajukannya sejak enam tahun lalu. Tapi, sampai kini belum terealisasi. Mohon kebijaksanaan Pak Gubernur agar dapat melayani masyarakat. (08222658xxxx)

Habis dengan Satu Jam Tangan KEMARIN (8/4), Pemprov Lampung menggelar kegiatan pelepasan PNS yang telah purna bakti (pensiun, Red). Para pensiunan PNS itu menerima piagam penghargaan dan tali asih senilai Rp6 juta. Penyerahan dilakukan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung Syarif Anwar. Pada kesempatan itu, Syarif sempat berpesan kepada Syarif Anwar pensiunan PNS itu untuk memanfaatkan sebaik mungkin dana tali asih yang diberikan pemprov. ’’Apalagi, dengan dana segitu, bisa habis dengan membeli satu jam tangan saja,’’ kata dia saat menyampaikan sambutan kemarin. (red/p5/c3/whk)

Leher Sering Kaku PERTANYAAN DOK, apa penyebab bagian leher saya yang sering kaku atau sakit? JAWABAN ORANG yang mengalami stres, baik secara fisik maupun emosional, setelah menjalani rutinitas melelahkan sepanjang hari dapat memicu rasa nyeri di berbagai bagian tubuh. Salah satunya leher. dr. Teguh Ganeza Sakit leher banyak dialami orang, terutama pada pekerja yang mengharuskannya duduk berlama-lama di kursi. Cara mengatasi sakit pada leher, pertama adalah angkat bahu sambil menarik napas. Setelah itu, angkat bahu sampai mendekati telinga lebih kurang tiga detik. Kemudian buang napas dan jatuhkan bahu, ulangi gerakan sebanyak lima kali. Cara kedua, miringkan kepala secara perlahan. Jatuhkan telinga kanan ke arah bahu kanan. Jika sudah mencapai titik maksimal, lakukan gerakan. Cara ketiga, regangkan dada kemudian letakkan tangan di bagian pinggang kemudian ambil napas dalamdalam, keluarkan napas pelan-pelan, setelah itu tundukkan kepala sampai dagu menyentuh dada atas. Cara keempat, mengangguk tundukkan dagu ke dada secara perlahan selama kurang lebih tiga detik. Pastikan hanya leher yang bergerak jangan libatkan punggung bagian atas. Setelah itu tegakkan lagi kepala lalu dongakkan sampai otot di area kerongkongan tertarik. Lakukan lima kali tidak perlu berlama-lama. Cara kelima, pijat bahu Anda di titik yang terasa pegal. Jika merasa nyaman, ulangi gerakan pada sisi yang lain. (Sumber: Dokter Klinik Ganeza Medical Centre dr. Teguh Ganeza). (fbi/p5/c3/whk)

Bahkan, karena kelalaiannya mengemudikan kendaraan hingga menewaskan satu warga itu, Mintarsih terancam enam tahun penjara. Sebab, polisi menjeratnya dengan pasal 310 Undang-Undang No. 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UULAJ). ’’Ya, kami sudah tetapkan pengemudi mobil sebagai tersangka. Kini, kami masih berusaha melengkapi berkas dan menambah saksisaksi. Tersangka juga kami tahan,’’ tegas Kanit Lakalantas Satlantas Polresta Bandarlampung Iptu Eka Dehenda kemarin. Sementara, pantauan Radar Lampung pukul 10.00 WIB kemarin, Mintarsih kembali menjalani pemeriksaan lanjutan di ruang penyidik Unit Lakalantas Satlantas Polresta Bandarlampung. Dia diperiksa hingga pukul 13.00. Perempuan paruh baya itu menjalani pemeriksaan ditemani rekan dan kerabatnya, di luar ruangan terlihat beberapa orang berseragam PNS yang

DPR..

Pada saat yang sama, Kemenag harus bersih dari mafia haji. Dia mengungkapkan, bila semuanya sudah terjamin baik, barulah Kemenag memikirkan untuk jadi pihak penyelenggara umrah. ’’Itu pun tidak perlu menutup peluang swasta sehingga masyarakat bisa lebih banyak pilihan, ikut pemerintah atau swasta dengan membandingkan lebih kurangnya masing-masing,’’ ujarnya. Dia mengibaratkan, haji maupun umrah pemerintah dan swasta sama seperti sekolah negeri dengan swasta. Tentunya, masingmasing ada lebih dan kurangnya dalam segi pelayanan. ’’Sama pula seperti rumah sakit pemerintah dan swasta. Masingmasing ada lebih kurangnya. Biarkan masyarakat memilih yang terbaik untuk mereka, tidak perlu di monopoli!’’ jelasnya. Sementara, Kemenag menepis tudingan miring mengenai rencana pengambil alihan penyelenggaraan ibadah umrah. Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenag Zubaidi memastikan, program tabungan umrah yang digagas Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) tidak akan mematikan travel agent. Tetapi dimaksudkan untuk melindungi

datang menjenguk Mintarsih Andri, anak Mintarsih, mengatakan, saat ini, pihak keluarganya belum memikirkan hal lain kecuali mengurus keluarga korban. ’’Kami sudah ke rumah duka. Yang kami pikirkan saat ini mengurus keluarga, bukan hal lain,’’ ucap Andri saat ditemui di polresta kemarin (8/4). Andre menceritakan, sebelum musibah itu terjadi, dirinya memang sudah ada firasat buruk. Terlebih ibunya memang biasanya diantar sopir jika bepergian. ’’Ya, firasat buruknya, pagi sebelum kecelakaan, ayah dan kakak saya hampir ditabrak mobil. Nah, sorenya, ibu saya yang menabrak. Ya, namanya musibah memang tidak bisa ditebak kapan datangnya,’’ bebernya. Dia memastikan, keluarganya akan bertanggung jawab atas kecelakaan tersebut. ’’Pastinya yang kami utamakan saat ini adalah mengurus keluarga korban terlebih dahulu. Intinya, kami

akan bertanggung jawab atas musibah ini,’’ janji dia. Diketahui, diduga belum terbiasa mengendarai mobil automatic, Mintarsih menabrak warung makan milik Subeno (53) di seputaran Bambu Kuning Square (BKS), Bandarlampung, pukul 15.15 WIB Senin (7/4). Akibat kejadian itu, penunggu warung, Miratna Sari Dewi (31), yang tak lain keponakan Subeno, tewas di tempat. Sebelum meregang nyawa, warga Gg. Taqwa, Kelurahan Gunungsari, Kecamatan Tanjungkarang Pusat, Bandarlampung, ini sempat terseret sejauh 6 meter. Selain Miratna, insiden itu juga melukai Novi (35), rekan korban yang tengah berkunjung. Warga Jl. Bukit II, Pasar Tugu, Tanjungkarang Timur, Bandarlampung, ini terluka akibat terkena serpihan kaca etalase yang hancur. Informasi yang dihimpun Radar Lampung, ketika kejadian, Miratna tengah makan. Sementara

itu, Novi sedang membantu mencuci piring. Menurut Riski Pratama (14), warga setempat yang melihat langsung kejadian itu, kecelakaan berawal ketika mobil Toyota Yaris abu-abu N 168 NC yang dikendarai Mintarsih masuk ke halaman BKS. Mobil berhenti, kemudian pengemudi masuk dalam ATM BNI. Tidak berapa lama, sang pengendara kembali ke mobil. Tanpa disangka, mobil langsung berputar dengan kecepatan tinggi. Kendaraan terlihat sedikit limbung dan tanpa dapat dicegah langsung menabrak warung. ’’Mobil itu ngebut dan sempat ngesot langsung menabrak warung. Saya langsung melihat peristiwa itu. Mobil menabrak Miratna yang sedang duduk makan. Korban terseret mobil sampai sejauh enam meter,’’ kata Riski di lokasi kejadian. Mobil baru berhenti setelah menabrak tiang telepon yang berada tepat di depan pintu keluar

Sambungan dari Hal. 21 jamaah dari penipuan. Sebaliknya, program yang sudah berjalan tersebut dinilai membantu masyarakat bagi yang belum memiliki uang tunai. Sehingga, diminta untuk bekerja sama dengan pemerintah yang memanfaatkan fasilitas Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS BPIH). ’’Program ini sudah berjalan. Tapi ingat ya, kami bukan mengambil alih. Hanya menangani penyelenggaraan umrah bagi masyarakat yang tidak mempunyai uang. Esensinya, menjaga keselamatan dan keamanan uang jamaah yang punya animo untuk umrah,’’ ujarnya kepada Radar Lampung di Jakarta kemarin (8/4). Dia menjamin, program itu tidak akan mengganggu pihak swasta sebagai penyelenggara ibadah. Sebab, jika jamaah menabung atas nama rekening menteri agama, ke depan untuk pelaksanaannya tetap diserahkan ke swasta. Pemerintah, sambung dia, hanya menghimpun dana dan melindungi uang umat muslim yang hendak melaksanakan umrah. Termasuk bila ada bunga bank, tetap menjadi hak jamaah. Ke depan, pelaksanaan umrah melalui program tabung umrah

ini akan dibuat kelas per kelas sesuai kemampuan ekonomi masyarakat. Ditegaskan, pihak swasta pun masih diperbolehkan untuk memberangkatkan jamaah umrah. Jadi polanya, seperti jamaah yang berangkat haji khusus. Masyarakat yang mau umrah diajak untuk menabung ke panitia setoran penerima haji BPS-BPIH hingga rekening tabungannya cukup untuk berangkat ke tanah suci. ’’Tabung umrah tersebut akan dibuka di 17 bank syariah penerima setoran. Ke-17 bank tersebut juga sudah ditetapkan sebagai penerima setoran awal dana haji. Itu semacam perbankan untuk kerja sama dengan Kemenag,’’ jelasnya. Masih kata Zubaidi, dengan cara itu dimaksudkan masyarakat muslim lebih terangsang untuk umrah. Apalagi, setiap tahun jamaah yang punya minat umrah sekitar 500 ribu orang dan ini potensial untuk menjalankan wisata religius. Ketimbang melaksanakan wisata yang sifatnya hedonis, glamor, dan hura-hura. Sebelumnya, rencana Kemenag mengambil alih penanganan ibadah umrah juga disorot pengamat kebijakan publik asal Universitas Lampung (Unila) Dr.

Dedy Hermawan. Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unila ini mengatakan, sebaiknya penanganan umrah tetap berada di ranah pihak ketiga. Sebab, saat ini yang seharusnya dibangun pemerintah adalah pola kemitraan dengan melibatkan masyarakat. Sehingga, khusus dalam penanganan umrah, yang terjadi adalah kompetisi dalam pelayanan jasa. ’’Jadi, jangan malah diambil alih Kemenag. Semua orang sudah tahulah kinerjanya Kemenag saat ini. Apalagi masalah Kemenag saja kan banyak,’’ ujarnya kemarin. Dia menilai, jika suatu urusan diambil alih negara, yang terjadi adalah kecenderungan terjadinya korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Belum lagi adanya pungutan liar (pungli) dalam penanganannya. ’’Penyebabnya, karena dimonopoli, sehingga peluang terjadi penyimpangan atau kinerja buruk sangat besar. Saya pikir, masyarakat bersama DPRD Lampung bisa menuntut ke DPR RI atau instansi di pemerintah pusat untuk membatalkan rencana itu,’’ sarannya. Dia memandang, pelaksanaan umrah yang ditangani travel agent saat ini relatif tidak terlalu banyak

masalah. Sehingga, alasan Kemenag untuk mengambil alih lantaran banyak travel agent nakal tidak tepat. ’’Kemenag jangan menggeneralisasi. Jangan hanya gara-gara satu atau dua travel agent, mengorbankan seluruhnya. Justru bila dikelola Kemenag, masyarakat pantas lebih khawatir lagi. Karena, jejak rekam Kemenag dalam mengurus haji saja masih banyak keluhan, masih sering kita dengar berita jamaah haji telantar, atau katering yang lama sampainya serta permasalahan lainnya,’’ ungkapnya. Diketahui, rencana pengambilalihan umrah oleh Kemenag dikecam perusahaan travel agent di Lampung. Mereka menilai kebijakan tersebut sangat berlebihan dan membebani pengusaha travel agent yang melayani pemberangkatan umrah dan haji. Seperti yang dikatakan Pimpinan Cabang Arie Tour n Travel Wilayah Lampung Herlindeni. Menurut dia, kebijakan itu jelas membuatnya resah. Sebab, akan berdampak negatif kepada perusahaan yang dikelolanya. ’’Saya rasa memang hal itu berlebihan. Jelas membebani. Bisa benar-benar gulung tikar perusahaan kami!’’ urainya, Minggu (6/4).(kyd/p5/c3/whk) Sambungan dari Hal. 21

Hanya.. itu pukul 09.00 WIB kemarin (8/4). Namun, sorot mata itu sirna ketika wartawan koran ini memperkenalkan diri dari Radar Lampung. Para pasukan penegak peraturan daerah (perda) tersebut mempersilakan Radar untuk masuk gedung rakyat tersebut. Ya, kemarin Radar memang menyempatkan diri berkunjung ke gedung DPRD untuk melihat kondisinya sehari menjelang pemilu. Setelah bertutur sapa dengan anggota Banpol PP, Radar lantas berjalan menuju ruang komisi A yang berada di sisi kiri setelah menaiki tangga.

BKS. Melihat kejadian ini, warga langsung melarikan korban ke Rumah Sakit Umum Daerah dr. Hi. Abdul Moeloek (RSUDAM) Bandarlampung. Sayangnya, karena luka parah di bagian kepala, nyawa ibu tiga anak itu tidak dapat tertolong lagi. ’’Pengemudi mobil ketika itu juga langsung diamankan di pos keamanan Stasiun Kereta Api Tanjungkarang. Waktu itu, pengemudinya mengaku sebagai anggota dewan. Tapi, saya nggak tahu anggota dewan apa dan dari mana dia,’’ ungkap Riski. Sementara, Novi hanya mengalami luka lecet di bagian kening. Ketika kejadian, Novi mengaku sempat melihat mobil tersangka berkecepatan tinggi menabrak warung. ’’Saya waktu itu sudah mau pulang dari warung. Saya sempat lihat mobil itu ngebut. Katanya rem blong. Tapi, saya juga tidak seberapa sadar melihat kejadian itu,’’ tutur Novi. (fbi/p5/c3/whk)

Saat masuk ruang komisi yang salah satu tugasnya membidangi masalah perizinan itu, tidak tampak satu pun anggota dewan di sana. Termasuk juga staf PNS di ruang tersebut tidak tampak batang hidungnya. Kala itu, Radar lantas memutuskan untuk berkunjung ke ruang komisi B yang berada di sebelah ruang komisi A. Di ruang itu juga tidak terdapat seorang pun anggota dewan. Hanya, terlihat seseorang berseragam PNS yang sedang sibuk dengan komputernya. Tampak tumpukan berkas di sisi kanan layar monitor. ’’Lagi me-

ngetik apa Mba?’’ tanya Radar kepada PNS itu. Namun, wanita berkerudung ini tidak menjawab sapaan Radar. Kala itu, ia hanya menoleh lantas mengambil berkas yang berada di mejanya. Karena kesan yang ditunjukkan tidak baik, Radar lantas beranjak menuju ruang komisi C. Namun, lagi-lagi Radar tidak menemukan satu pun anggota dewan. Kala itu, Radar hanya melihat beberapa orang berseragam PNS mondar-mandir berjalan keluarmasuk ruangan. Kondisi sama pun terlihat saat wartawan koran ini menuju ruang komisi D. Hanya ada satu staf yang

sedang mengetik di depan komputer. Sementara tak satu pun anggota komisi yang membidangi masalah pendidikan tersebut berada di ruangan. Radar lantas memutuskan untuk berkunjung ke ruang Sekretariat DPRD. Terlihat sekitar enam orang berseragam PNS di ruang itu. Mereka sedang asyik mengobrol dan bercanda satu sama lainnya. Karena tidak ingin mengganggu keasyikan mereka, Radar lantas menuju ruang ketua dan tiga wakil ketua DPRD Bandarlampung. Namun, para pimpinan dewan ini juga tak berada di ruang kerjanya hingga pukul 12.00 WIB

kemarin. Delsy, salah satu staf di gedung DPRD Bandarlampung, mengatakan, meski tidak ada anggota dewan yang hadir, para PNS yang bertugas di Sekretariat Dewan tetap bekerja. ’’Ya, kami tetap sibuk, Mas. Kami tetap mengurusi kebutuhan anggota dewan. Kan besok (hari ini, Red) libur. Makanya, kami kejar hari ini,’’ ucapnya kemarin. Senada disampaikan Sekretaris DPRD Bandarlampung Nettilya Sukri. ’’Kan liburnya besok (hari ini). Makanya, kami tetap bekerja,’’ ujar Nettilya di ruang kerjanya kemarin. (p5/c3/whk)


RABU, 9 APRIL 2014

IKLAN

23


IKLAN BARIS OTOMOTIF RABU, 9 APRIL 2014

24

MOTOR DIJUAL • OVER KREDIT •

LHN SIAP TANAM 8,7 HA AJB LOK PINGGIR JL. DS PAKUAN RATU KEC PAKUAN RATU WAY KNAN 350JT NGO 085280 604892/081379679630 • YAMAHA •

MIO J 2012 HIJAU .9,4JUTA ,KONDSI SIAP PAKAI HB;0811 793434

• YAMAHA •

MIO SPRTY 09 W.HITAM/ HIJAU, KONDSI 80%,PJK MATI 2TH, HRG 5.2JT NG;0819 7962 312

PERLENGKAPAN MOBIL JL ACCU MASSIV DR PABRIK HG TT NS70=450RB/N120= 850RB JLTRIPLEK 12 MM THN AIR SLHKN CB ;081291820718 www.wsbattery.blogspot.com

DAIHATSU TAFT ROCKY 92 HITAM 4X4AC BAN SAVERO MT 31 BE ;082178136957/0816409146 XENIA LI SPORTY MBL MSH SPT BARU ,1.0CC MANUAL SILVER TH 2010 BE KDY C/K ,107JT NG ;081366360085 XENIA LI DELUXE ’11 ABU2 GREY,FULLVAR,VELG 14 BAN BS BARU.KOND L/S OK,TV AC DGN SPT BARU ; 08136991 5699 NG AYLA M,WRN HITAM ,BALIK DP 50JT NEGO ANGS 2600X 18BLN UDAH JLN 5BULAN HUB ;081379618455 XENIA DLX 1300CC,TH’10, MRH MET,MLS,S.PKI,107JT, JL.KENANGA 34 R.LAUT 0821 81420033 TERRIOS TX TH2011 PJK BR HITAM KODYA FULL VARIASI 151JT MBL DIKALIANDA: 082179183333 ESPAS 1.6 ’97 BE KODYA AC VRBR;082183559988(NO SMS)

FUTURA MB 94 REALVAN BE PJK HDP MSN OKE,BODY MLS,BAN BGS DP 10JT BS BW PLG MBL C/K 08136900 2954 FEROZA 95 BIRU MET BODY MLS ,MSN BGUS VRBR AC DGN NEGO ;08127233570 LUXIO M 09 SILVER BE AC DB PW PS KOND MLS ;0853682 27838 DAIHATSU SIRION ’13 WRNA HITAM, PMKAI , ORISINIL, HRG 130 HUB: 081272363090 TARUNA CX ’99 BE KDY BLN 12 ORISNIL L/D HB; 0852683 68804 / 30F98027 XENIA XI FAMILI 2011SILVER TANGAN PERTAMA KONDISI BAGUS;081367367635 XENIA LI 1000CC O7 BE KDY AC VR BR TR BIRU MUDA H NG P PAKAI 08530119458

ISUZU PANTHER ROYAL97 SILVERS TO NE KODYA AC PS ,ELECTRIC MIROR,SOUND SISTEM JOK KLT MB TECH CAT BARU ; 081379640057/085769651942 PNTHER 2001 TIPE LS WRNA MRAH MET. BE KDY GRESS HRGA RP.117,500JT NEGO HUB. O813 79781218 TP PANTHER LV 05 AC VR BR REMOTE;082186374789(NO SMS)

HONDA STREAM 1.7 VTEC MANUAL BIRU MET ,JOK KLT,TV CD TH2003 .107JT NG SDH TRMSUK BBNAN.PEMBELI C/ K ;081366360085

FORD

JUAL CPT JAZZ RS’12 MNL, GREY,PLT KDY,PJK PJG, ALLRISK 2TH,ISTMW, TG1, 200JT NG;081369102090

FORD T X 3 2 PNT BE KDYA LKP HRG 32JT DP 11JT ANG 1,2JT X 23 HB 081274382800

JAZZ TIPE S AT SEPT ’13 6000KM MERAH ASURANSI 185JT NEGO: 08157903965 INA

DJUAL HNDA CRV THN 2010 PLAT B TGN PRTMA, PMAKAI DLAMPUNG, 2,4 METIC ABU2 PJK BRU 08127266643 CITY VTEC 05 SILVER BE KDY,NAMASDRI ORS L/D MLS ,115JT NEGO ;08127249699 CRV 2.0 2008 MANUAL BE PJK BR WRN GREY MET ACESO RIS TV CD MP3 LKP:0821 80481733 CITY TH97 ,BE KDY ,SILVER ,LGKAP ,BODY MESIN BGUS ,ENAK DIPAKAI ;08127923202 CITY VTEC 06 ORI BE KDY HITAM 125JT NGO HUB:08569 2337003 CITY 2006 ,PLAT B,AN.SDRI, HRG 125JT NG SERIUS HUB ;08127914914 CITY TH 03 WARNA HITAM BE KODYABISATUKR TMBH;0852 6 7902613 MAESTRO 93 BE AC PW PS BAN PJK BARU,42JT NG;0853 80 534448

JAZZ S 2012 PUTIH BE KDY BRG GRES TGL PAKAI HRG NEGO HB 081280549669 HONDA Z TH 2000 BE WARNA BIRU MALAM HRG 75JT 08127263699 JAZZ 04, BE, VR/BR 16, S PAKAI HUB 082175289861 JAZZ04PLATBPJGMATICGOLD 105 JT NEGO;081369 723330

MOBIL PENGANTIN DISEWAKAN MBL PENGA NTIN +DRIVER:MERCY C200, NISSAN MARCH DLL;HUB 081369743338/085279555555 DISEWAKAN MBL PGNTN UTK DLM KOTA HUB 08117 98857/082183777755 REZA RENT CAR MENYEWA KN SEDAN PENGANTIN ,HUB ;081272763467

TIMOR SOHC 97 PRIBADI BE KDY W.SILVER MET MSN BODY BGS SIAP PKAI 35.5JT NG;082324634567

MITSUBISHI JUAL CPT/BU 1 MBL L300 BOX MBGRNMAX;HB081369963839 KUDA NEW GRANDIA DSL 05 BE KDY W.HITAM MLS TRWT C/K TDP 24.5JT ANG 2.816 RBX47BL;081379705550 JUAL CPT PAJERO GLS 12 HITAM BE LAM-TENG KM 30RB HRG NG HUB:08127939758 L300 PICK UP ’95 BENSIN BODI KALENG SRT LGKP;08218 3085401

TRUCK JUALCPTTRUK ENGKELDOU BLE 08&10 MERK ISUZU,SIAP PAKAI KOND PRIMA;0852 67952222 TRUCK HINO FF 173NA TH 2001 ,TG1 ,BAK PALT HB;0812 7911707 NO SMS MITSUBISHI COLT DISEL2005 TIPE HD SIAP PAKAI ; 08127914059 ISUZU ELF ENGKLE 95 BAK CARGO HUB 081366162769


IKLAN BARIS OTOMOTIF RABU, 9 APRIL 2014

SUZUKI ERTIGA TP GX 2012 BE METRO,GREY,MNL KM 1 5RB TANGAN I DRI BARU AN.WANITA,SRG JOK, SPOILER,GRESS MLS BAN GET NEGO;0812 72425253 SWIFT ST’08 WARNA BURGUNDY MAN KM50RB AL,CL, CD,EM,AC,VELG17" MULUS 128JT NEGO;081933555 561 07219966961 KARIMUN ESTILO TH2007 ,ABU2 MET,KM 46RB,VRMJOK KLT KUALITAS1,PEMAKAI WNITA ,80JT NG;0811720120/ 081328356164 BALENO NEXT G 03,HMT,INT/ EXT MLS,FULL VAR,BE KDY, BAN4 BR,TV,PJK JAN ’15,85JT NEGO HB;082372611134 BALENO 01 BE KODYA ,BIRU DONGKER SIAP PAKAI ,HRG 70JT MINAT HUB ; 08127294 6312 JUAL CPT SUZUKI R32013, MLS, SILVER MET,SENDOR PARKIR,TIPE GX, 125JT ,MINAT PASTI JADI HUB ;082190331972

25 JUAL CPT L300 PU 02 SOLAR MSN CASIS BODY TAPE OK,69,5JT NG;081369293743 BALENO TH97 SILVER MET, KODYA ,SIAP PAKAI HB;0821 83 69 9 998 GRAND VITARA JLX 06 AKHR, PJK PJG AC TV AUDIO,JOK KLT,129 JT NG;082185217109 ESKUDO ’05 BRG ORISINIL 115JT NEGO;081369157298/ 081369391938

MOBIL DISEWAKAN PARIS RENT CAR,INNOVA SOLAR,RUSH,TERIOS,AVANZA ;08127901658/.7474015 AZKA RENT ANTAR JEMPUT BANDARA, RENTAL MOBIL DLL;082179916849 ALPHARD,VEELFIRE,JEEP ROBICON,RANGER ROVER VOQUE,ODDYSEYY;HUB 081272724777 PRIMA RENT CAR SWA MBL FORTUNER,INOVA,AVANZA,TOUR & PRWISATA,U/KANTOR/ PRBDI/GOODSERVIS; 08117211624/08127909856/ 0721.260915

TOYOTA VIOS G MATIC 08 HTM KOND ORI MLS TRWT TGN 1 HRG 127JT NG;081379705550 INOVA G 05 AHR BE MNL SILVER MET TP V TH 10 TV D VD USB PANEL VILEK BMPER D/B LIS BODY, SPOI LER, TTP BAN SRP,CA MERA ATRET,PWR S.SYSTJOK KLT,F.VRS MLS L/D 138JT NG;081369209775 KIJANG INNOVA 2006 BE KDY W.HIJAU MUDA/HIJAU TELUR ASIN,147JT NG;HUB 082228 930000/081288660954 DIJUAL AVANZA TYPE G TH 2005 BE HRG 102JT NEGO; HUB 082280134607 KIJANG LSX 2000 DIESEL BE BIRU MET MLS INT ORI AC DINGIN 93JT;085267044251 JUAL CPT KJG LGX 1.8CC, TH04,BE KODYA,BENSIN, HITAM,BRG MLS ORSNIL,PJK BARU ,BAN 4 BARU,LSG PEMAKAI ,HRG NEGO HB; 081279711234/BONY AVANZA2010,BE KODYA,TG1, 130JT NGO ;081272796620TP

JUAL CPT KJG SPR 96 MERAH ,DVD,JOK VARIASI,BE KODYA ,AN. PEMBELI,HRG NG HUB ;BP FERI 081279750005/0823 76 750678 INNOVA G 07 SILVER,HIJAU B,MANUAL 142JT,INNOVA G 05,125JT ;085269018884 AVANZA 2011 HITAM BE KDY,ASS ALLRISK ,AN.SDRI ,PJK BARU TP ;0721.7154221 AVANZAG 05 ,B,SILVER GOLD ,MULUS,MESIN BGUS,100JT NEGO HB;081379537828

KJG SPR ASTRA LONG 92, BE, AC ,CD,MP3,SUB WOO FER, CAT MLS,MERH MET,S. PAKAI,HRG NG ;085380134949 AVANZA E 2011 GREY PRIBDI BE KDY TAMPILAN G ,FULL ACC,MSN BODY KENDRAAN TRWT HUB ;081957474020 INNOVAG NEW MDL 09 HITAM KM 45RB PJK BLN12,ISTMW ,JUAL CPT ,169JT NGO ,KHS PMKI HUB ; 085269740555 VIOS TH2004 ,KUNING META LIK ,KONDISI MULUS,SIAP PAKAI,MINAT ;085267546246/ 085769566223 STARLET CAPSUL 96 SILVER BE TURBOLOOK AC,CL,CD, RMT,SIAP PAKAI HRG NG 0852 69381311 AVANZA TIPE E THN 2010 AKHIR CAT ORI SILVER METALIK NOPOL B.107,5JT HUBUNGI 081379772777 KJG LSX 02 NEW MODEL ,HIJAU TUA MET ,MSN HLS,BODY KLG,102JT NGO ;082186842102

KJG LSX 97 KODYA,HIJAU AC DB CL PS ,BAN 4BARU ,75JT NG ;081369755292 YARIS E AT 09 BE KODYA PJK PJG,KM RDH,MBL,TRWT ,J.CPT ;081272000444 AVANZA G 2011 SILVER BE ,PJK BR TV DVD CD RADIO SNSOR PARKIR ;081369 432545 FORTUNER DISEL TH ’10 BE ,TV3MHITAM ,FULLVAR ,287JT NG ;082186662718 AVANZA ’09 SILVER BE KDY AN.SNDIRI MULUS KM 67 RIBUAN HRG 128JT NG HUB: 082379693808 AVANZA ’04 SILVER B AC RT BR PJK PJG 91JT HUB:08217 7560521 / 082183123185 KJNG SSX ’01 MLUS ORI PJK BRU SLVER GOLD 90JT NG; 085369750000/08127909174 GREAT COROLLA 94" KM252 70 BE KDY ABU2, VR,AC,RT 085378767258 JL WAY RAREM 21 PHM BDL 67JT NG YARIS TRD SPORTIVO 12 MERAH ,BE,VELG 17INCH INT ORS TRWT NG ;08127210199 LSX TH 2002 BRG ISTIMEWA PLX 17 STENLIS 92,5 JT NEGO; 0813 69157298,081369391938 NEW AVANZA TIPEG TH 2012 BRG ISTIMEWA 145JT NEGO; 08136 9157298,081369391938 INNOVA 08 BE,ABU2,SOLAR ,PJK BARU ,AN.SDR KM LOW,VARIASI,187JTNG.08538 0183593 JUAL CPT AVANZA ’14 ANG 3,7JT & AGYA ’14 BE KM RDH 085783770335 TP

INNOVA V,BENSIN MT 06 HITAM TV,137JT NG 08137919 6424 INNOVA E SOLAR MT 2010 ,SILVER MULUS ,KM 60RB, 185JT NG ;082180081645 INNOVA G 05 MNL,MSH BGS ,SILVER ,BE KDY ,AN.SDRI ,HRG 140 JT ;081369207730 TOYOTA INNOVA 2011 PUTIH 2.5G SOLAR AT,EXCELLENT CONDITION 081272119000 AVANZA G VVTI ’07 HITAM MLS ,B ,HRG 117JT MINAT HUB; 081272946312 KJG LX 01 AKHIR .BE,VR ,AC DGN ,BIRU METALIK ORS ,98JT NG; 085379607757 AVANZA 2010 HITAM ,MATIC, BE,PJK BARU,BRG OKE HUB ;0721.240698 KJG KF 80 BIRU 1999 BE MULUS ,105JT NEGO ;081274 562896 VIOS TH2004 ,KUNING META LIK ,KONDISI MULUS,SIAP PAKAI,MINAT ;085267546246/ 085769566223 STARLET CAPSUL 96 SILVER BE TURBOLOOK AC,CL,CD, RMT,SIAP PAKAI HRG NG 0852 69381311 AVANZA VELOZ 11/12 SPT BRU BE KM RNDH NEGO 0812 72504268 RUSH S TH08 BE KDYA SIAP PAKAI TGN1 ,148JT NEGO HB; 081271083766 KJG LGX 1.8 SILVER 04 MBL BGS ;082185391999 KIJANG INOVA E PLUS 2011 PLAT B HRGA 190JT NEGO HUB 0811791194

NISSAN XTRAIL XT 25 TH 2003 BE KDY AKHIR CHAMPAIGNE PLG DP 45JT NG,30X3.9JT ;08117 221221 GRANDLIVINA 1.5 XV M/T 2010,ABU,PLAT B,130JT NG/ MARCH XS AT 2011,PUTIH BRG ISTMWA,KM 16RB ,115JT NEGO HUB ;HENDRI 0812 72245835 GRANDLIVINA SV 1.5 HITAM ORI,KM 35RB,145JT NGO ;082182906010/0813 79670635

OVER KREDIT TRUK FUSO 2000 BE ,BAK BESI SDH JALAN 7BLN,SISA 29BLN X 8.425.000 BLK DP 50JT NG ;082371839000 AVANZA G 2011,ABU2 GREY ,PLG DP 65JT NEGO ,ANGS 4,3JT SISA 18 BLN ALLRISK ; 081272403111 VIOS G 2004 SLVR KODYA SDAH 12 X SISA 23 X 2.880.000RP 37JT NEGO HUB 082175299948

MAZDA VANTREND HI JET MET BE,PW, RT,BR,AC,DNG,MSN KRNG 082182822718 MAZDA MR 91 AC BODY & MSN MLS HRG 13,5JT HB 081274382800 TT MTR

MOBIL DIJUAL XENIA 1.3,2011,GRAND MAX 2010,ELF ENGKEL 2UNIT TH 2011 ,NEGO ;082179770000


IKLAN BARIS JITU

RABU, 9 APRIL 2014

27

HOTEL

JASA ANGKUTAN

FOTOCOPY

KEHILANGAN

AC

DEPOT AIR MINUM

TOP TV

SERVICE AC

HOTEL LUSY JL.DIPONEGO RO 186 B.LAMPUNG 100200RIBU HUB ;0721.471020

PT.MULTI EKSPRES TRANSIN DO, JASA ANGKUTAN BRNG LPG-JKT-BDG-S.BUMI-PLG, JL.LET JEND RYACUDU NO.04 JALUR2 KORPRI WAYDADI BDL ; 0 7 2 1 . 8 0 11 4 1 7 / 7 3 5 0 2 3 5 / 081278133177

POLIM (CV.HALIM CIPTA JAYA) JL.KHAIRIL ANWAR NO.18B JUAL MSN FT COPY CANON & KYO KERA BRBGAI TYPE, DGITAL, RECOND,SPAREPART TRKOM PLIT, RENTAL &SERVIS PURNA JUAL;07217443777/ 081379671777 POLIM (CV.HALIM CIPTA JAYA) JL.KHAIRIL ANWAR NO.18B JUALMSNFTCOPYCANON&KYO KERABRBGAI TYPE, DGITAL, RECOND, SPARE PART TRKOM PLIT, RENTAL& SERVIS PURNA JUAL;07217443777/081379671777 S.BANDAR DIGITAL COPIER (CV) JUAL MSN FTCOPY CANON BRBGAI TYPE DGITAL, RE COND, BRGARNSI,BAMBU KU NING SQUARE LT1NO37-38 DPN STASIUN KRETAAPI, RAMAYANA T.KARANG; 07212800411

1BH DOMPET,KUNCI MOBIL, KUNCI PGMN STIR & STNK R4 TOYOTA YARIS B 1809 VH,LO KASI KHILNGAN PSR TUGU HB ;081224800020

CV.SARANA SEJUK PENJUA LAN PRBAIKAN & PERWTAN AC,KTR/RMH,JUALAC BRU/BKS ;0721.7333700/746941/08163 2383515 /085928877999 (DBTH KN TEKNISI AC SPESIALIS) KURNIA AC SERVICE ,BGKAR PSG JUAL BELI/TUKER TBAH ;081369550834/7147771 S.JAYATEHNIK SRVCAC,BGKR PSGAC,CUCIAC,ISI PREON DLL BRGRNSI ;082179843362

SINAR TIRTA:ATASIAIR KUNING, BAU,LUMPUR DLL HRG MULAI 9JUTAAN;784287/08156032838/ 085380414666/08156032838 MW BUAT DEPOT AIR MNM BGS BRGRNSI,SPAREPARTNYA LKP,RO KCL, BSR,KAMIAHLINYA, ÎSINAR TIRTAÎ JL.S.HATTA RUKO DCC,PEREMPTNW.HLM-W.KNDS (BYPASS )HRG MULAI 9 JUTAN; 784287/085 3804 14666/081560 32838,KM JG ADADI PLB & JMB SPESIALIS PMBUATN DPT AIR MINUM MULAI 10JT,PMBUATN MSNRO MULAI 5JTAN KAPA SITAS 70GALON/HARI SEDIA TUTUPTISUDLL;0813 22262181/ 081218654706 BILAANDAMMBUATDEPOTAIR MINUM DGN KAMI DPT GALON 100,TUTUP & TISSUE 1000 HUB ;085380975999

INDOVISION ,TELKO MVISION, TOP TV ,ORANG TV HUB ;0813 73617111

SERVICE P.AIR & MESIN CUCI

LAMPUNG AC MLYANII:SRVCE AC,CUCI,TBH FREON,BKR/ PSG,J/B DLL;HUB 082379696203 (ARI)

TOPAN SERVICE PGLSPESILIS P.AIR ,GLNG DINAMO P.AIR TKR+AIR S.BOR TDK NGALIR GRANSI ;081272832578

CV PRATAMA TKNIC SRVC,CCI, SPAREPART, BKR/PSG JUAL/BLI AC BRU 2ND. 472180-7913799082125427103 PIN BB 2996BCE1

KIOS TAKE OVER/SEWA BUTIK LANTAI 2 SIMPUR (BESERTA ISI) HUBUNGI 085279930663

LAUNDRY SIMPLY FRESH LAUNDRY PALAPA LUNDRY KG, EXPRS 4JM SIAP JL.CUT NYAK DIEN NO.6 PALAPA:081373585757 (BS ANTR JMPUT)

KAMBING AQIQAH KAMBING+MA SAK;0812723 54984/081540802586 WWW.AQIQAHLAMPUNG.COM

JUAL KUSEN MERBO JUAL MURAH KUSEN MERBO MSH BARU TERDIRI 15BH JENDELA3BHPINTUDAN6LMBR DAN PINTU HUB 08122 4800020

BIRO JASA BLAJAR MBL ADILA 5HARI 360RB,DIANTAR JMPT,DBN DARA95RB;9369661 081379640519

PIJAT TRADISIONAL IKA MASSAGE TRAPI TRDI SIO NAL, PERAWATAN, LULUR BS PANGGIL HUB; 085381 367329 TRM PNGGILAN PJAT U/ PRIA & WNT K HOTEL/ RMH MAS HARRY 082186697168 NISSA MESSAGE URAT, TERAPI PENGOBATAN,PERAWATAN,BSA DIPNGGIL, HB 082181 823301 SHINTAURUT ,2JLR WAYHALIM (DKT SMASRIWIJAYA) SIAP PGL 24JAM ;081369372811 IIN MASSAGE PIJIT URUT HUB ;085266656600

OBAT HERBAL JUAL PROPOLIS ,KOYO KAKI ,MADU HUTAN,XAMTHONE, GOLD G DLL ,SEMUA ASLI HUB;08117221136

BADUT TUNAS JAYA BADUT,BADUT, MC, DEKORASI BALON,SULAP LKP, MULAI 100RB:08127 9322 335 ISTANAKADO & BADUTDEKOR BALON ,JL.ANTASARI SBLM BANKLAMPUNG ; 082185542758

JASA TUKANG ALUMUNIUM, ME NGER JAKAN KUSEN,PINTU RUMAH ETALASE KANTEN, GERO BAK SOMAI,GEROBAK BAKSO,RAK2AN ALUMUNIM, MEJA BELAJAR DLL HUB ; 082182700731

PELUANG BISNIS KEMITRAAN DAN GROSIR BUMBU FRIED CHICKEN MURAH ;081272411500

GRANIT & MARMER DIST BATU GRANIT&MARMER LOKAL IMPORT,TRM PSG LANTAI,DINDING,MEJA,KITCHEN SET DLL,RUKO P.ANTASARI NO 29 B (DPN GIANT) 081272224222 TRM PEMSANGN MARMER& GRANIT U/: LANTAI,KITCHENSE T, W A S TA F E L , T A N G G A , C OUNTER,PRASASTI ,JL.JEND SUDIRMAN DPN GELAEL HB ;081272119998

ARSITEKTUR SMART STUDIO MENERIMA DESAI RUMAHTINGGAL, RUKO, KANTOR: 2D DAN 3D HUB:0813 66 828741 RMH MINIMALIS ,GBR EXTERIOR INTERIOR,TRM PSNN INTERIOR MNMLIS ;081379476688

INTERIOR

KURSUS GURU KRUMAH SMW PLJRAN TK,SD,SMP,SMA,NGAJI,SEMPOA ;7503131/081369152541 DIBUKA KURSUS AKUPUN TUR, UTK PARA DOKTER,PE RA WAT,BIDAN,SALON KECANTI KAN,PEMIJAT DAN PEMINAT PGOBATAN TRDISIO NAL,KURI KULUM SESUAI HUB ;08237673 7788

RUPA-RUPA SPESIALIS TERAPI STROKE BISADIPANGGIL;081369053184/ 085766713935 (NO SMS) JUAL CPT SPRGKTALAT SPOO RING&BALANCING KOND BAIK ;0721255833/0811956023 MENYEWKAN TNDA HAJATAN 125RB/UNIT DISKON UTK PMSGAN MIN 15 UNIT, HUB: 081366821110

CANOPY & STENLIS YOGA CANOPY:MYDIAKAN JASA PRILEN UTK PMBUTN: PGAR,TERALIS,CANOPY STENLIS,BAJA RINGAN,BAJA BERT DG HRG EKONOMIS KWLITAS TRJAMIN ANDA TLP KAMI DTG HUB ;085268825097

STNK R2 BE 5402 YJ NOKA MH1JF2214AK252435 NOSIN JF22E1249866 AN. DRS. HAR YADI SIMCAN. DRA IDA SANIAH STNK R2 BE 4834 YY NOKA MH 355S001BK059870 NOSIN 55S05 9859 AN. AMRI HUTAGA LUNG STNK R2 BE 4869 BG NOKA MH1JBH112DK343725 NOSIN JBH1E1337214 AN. UMI JAMILAH STNK R2 BE 3184 BH NOSIN 54P788818AN. DONI WARDANA ;TLP.085769415215

PENGOBATAN PENGBTAN TRDISONAL MASS GE,LLUR,PENGBTAN AMBIEN, TRUN BROK,URUT URAT BLIKAT, DTGANI OLH IBU RANI 085380786634(PANGGIL) BDL DPT MYMBUHKN KESELEO/ SALAH URAT,INSYAALLAH SEM BUH HUB ;IBU ROHMIYATI ;0721.786141 / 085366782630

SEDOT WC SEDOT WC & ATASI MAMPET ,LUAR/DLM KOTA STBY 24JAM ;0721.7971222/082179924000 CV. ALFEN MANDIRI SEDOTWC, LIMBAH/SEPTIC TANK & ATASI MAMPET, SALURAN AIR DAN LAIN LAIN DALAM DAN LUAR KOTA STAND BY 24 JAM: 07217905006/ 085377669976 SEDOT WC & ATASI MMPET “CLEAN CARE” 4 UNIT SIAP DLM&LUAR BDL BERPENGA LAMAN SEJAK ’08 PIONIR DI LAMPUNG;7400060/081252711000 CV MANDIRI BARU,SEDOT WC &ATASI MAMPET LUAR/DALAM KOTA 24 JAM;HUB 08218080 3233/ 085783667003

SUMUR BOR

DIBELI LAPTOP NOTEBOOK KOMPUTER SEGALA KONDISI ;081234563136

CV.RAFI JAYA SPECIAL KITCHEN SET,JG TRM PESNAN, ROOM SET,OFFICE SET,DLL, HRG DIMULAI DR RP.1.200.000/ M,HB;081272166609 / 08217 9176076 / 082179966606

WALLPAPER

SERVICE PARABOLA

JASA PEMBUKUAN & PERPAJAKAN

SUMBER REZEKI SPSALIS BWT SMR BOR,MSN/MNL SRVIS/ P.AIR,SIBLE DLL;081379423655

PSG WALLPAPER UTK RUMAH TINGGAL ,KANTOR,KARAOKE DLL HB;085377907154

STARMATRIK JUALPARABOLA + SERVICE PARABOLA DLL: 0823 76222292

JASA PMBUTAN LAPORAN SPT TAHUNAN,BULANAN DAN E_SPT PPN HUB;ITA 082380 700020

SALEH BOR PEMBUATAN SMR BOR MESIN,SRVICE POMPAAIR ;0816403495

TNH+BANGUNAN 17X30 LT.510M2 JL.A.YANI DPN DLR DAIHATSU PST KOTA STRTGIS NEGO 081632395632 RMH GG.PU KEDATON LUAS TNH PLUS RMH 402M2,SHM, HALAMAN DPN BLKG,GARASI MBL,SUMUR & PAM,7 KMR, HRG 750JT NG ;082176156113/ 085768026558 TNH,RMH LS.1000M2,RMH PAVILIUN 3KT,3KM,GRSI, MARMER LPG,GENTENG CAT HIJAU NO.69A JL.P.ALAM (PU)DPN BLK /TK PGR KLLG BETON;082183519437 TP RMH LOK.STRATEGIS KEDA TON LT.405M,SHM,5KT,3 KM, RT,TERAS,D APUR,TOWER, GARASI+CA RPORT,950JT NG ;081272730424 JUAL CPT RMH,PRUM NUSAN TARA PERMAI,LT.120 S.BOR/ GRSI,BNGNN BRU,FULL KER MIK,GYPSUM,250JT NG;0812 72291818 RUMAHSHM DIPSWU+ ISI+ PAV+G D.WALET, KT3, KM4, LT398M2,L.RMH 150M2,LGD WLT 7X12M2,4LT BTON;0853 77949555 RMH JL.SADAR KORPRI ASPL LBR 5M LT200 LB7X12 3KT BOR SHM 275JT:081273 412226

RMH MINIMALIS,NYAMAN, CLUSTER T.60/134 JL.SWA DAYA3 (50M DARI JL.PURNA WIRAWAN TJ.KRG BARAT; 082177464949 JUAL CPT RMH + KOSAN 8 KMR DIKAMPUNG BARU DKTKMPUS UNILA JL.BUMI MANTI 082183060666/081379877666 RMH PERUM JL GRIYA HARA PAN BLIK I NO 3A WAYHALIM PERMAI 4KT, 3KM HRG 560JT NEGO HUB; 085377782578 TP RMH VILLA CITRA I BB/19 LT 123M2 SHM 3KT 2KM 2GRSI BOR+PAM 625JT : 0823764 70688 ICA JUAL CPT RMH 2LT.LB.950M, STRTEGIS ,JL.DARUSALAM LGKAPURA ,785JT NGO HB; 0813 79263999 RMH JL.ROMEO NO.29 KEDA TON BDL(SMPING KANTOR PTP VII) LT.663M2 LB.220M2 ;0811796629/08127209227 DIJUAL RS 45,54,60 LUAS KAV MULAI DR 145M2 S.D 200M2 DI BKP HRG 200JTAN;0812 73834400 JUAL RMH TIPE 40 TELUK HUB ; 082176072359 JUAL RMH TIPE .40 ,TELUK ,HRG 115JT HB;082176072359

LAPTOP

BURSA CENTURY 21 RMH DI WAYHALIM PERMAI 200/ 160M, HRG MURAH 650JT PERMANEN DKT XAVERIUS, 082183410909 RUKO KATAMSO DPN SIMPUR 9X15M STRATEGIS HUB 082183410909 RMH VILLA CITRA 1 LS 160/220 VILLA 3LS 400/600 JAMIN MURAH: HUB 082183410909 TNH VILLA CITRA 3 UK 25X30 HOOK STRATEGIS: HUB 082183410909

RUMAH DIJUAL RMH TP 45 DI PERUMHN BKT MAS PERMAI BLOK K NO.5 JL.TIRTAYASA SUKABUMI BDL,FAS:RT,R.KLG,2KT,DPR,R. MKN,KM;HB 081272882323/ 081272343123 RMH JL.SAM RATULANGI 2LT LS.170M SHM HRG 500JT BDL;HB NUNIK 082176102899/ LENI 08117232627 JUAL RS 45,54,60 LS.KAV MULAI DR 145M2 S/D 200M2 DI BKP HRG MULAI DR 200JTAN ;081273834400 RMH /TNH LT.315M2,LB.120M2 JL.P.ALAM GG.ULANGAN KP.PU NO.2 HB;082183102666

CANOPY PAGAR TRALIS DLL MU RAH& BERGARANSI HUB CHAN DRA CANOPY CP 0852 0833241 4,085378008111,072123 28729

RESTU IBU BOR MLYNI PMBUATAN ,SMR BOR ,R.TANG GA ,HOTEL DLL HB; 08230 6554365

SERVICE JIMIN SERVICE PGGL SELESAI DITEMPAT,PGLMN 23TH, TV,KULKAS ,M.CUCI ,DISPEN SER,FREZEER ;0721.7412242/ 082376043060 MAKMUR SERVICE PGGL KULKAS,FREEZER,MSN CUCI,P.AIR,DISPENSER HB; 0721.7534603 GRANSI CAHAYA SERVICE PGL ;KULKAS, MESIN CUCI,SHOW CASE TV HUB ;082182822677 BERGARANSI LIEM SERVICE PGGL,M.CUCI, KLKAS,AC DLL ;082371839922/ 0721.7312720 GRS 6BLN SURYA SERVICE PGGL POMPA AIR MSN CUCI KULKAS, DISPENSER ;0721.7387402

KOLAM RENANG CV.LAMPUNG POOL SPESIAL PEMBUATN KOLAM RENANG/ WATER BOOM,BUAT RMH ,HOTEL,SEKOLAH,UMUM;0813 69144878 PIN BB 21810105

ATASI MAMPET PROFESIONAL MENGATASI WC MAMPET,SALURAN AIR MAMPET,WATAFEL MAMPET, KURAS TOWER DLL DENGAN CEPAT TANPA BONGKAR DAN BERGARANSIHUB;085378048723 AHLI MAMPET,WASTAFEL,SAL. AIR ,WC MMPT DLL TNP BG KAR,GRNSI HB;082178790789

CEK KESEHATAN GENERAL CEK UP 28 FUNG SIORGAN TUBUH & DIAGNO SAPENYAKIT HANYA 50RB HUBUNGI.081379345345

OBAT KHUSUS WANITA ANDA TELAT BULAN?? SOLUSI CPT& TEPAT U/ MELANCAR KANHAID SCRATERATUR ,DLM JANGKA3JAM DIJAMIN LANCAR 100%, GARANSI &TNP EFEK SAM PING; 082333794444 / 08785742 7544

RUMAH DIKONTRAKKAN

TANAH

DIKONTRKN RMH DI PERUM TAMAN BOUGENVILLE BLOK B1 NO.4 WAYKANDIS,DKT JALUR ANGKOT;HB 085357257988

TNH 15X20 SHM JL.TIRTARIA JL.AMD GG ROSO TJ.SE NENG BDL (BA KAL JL.MENU JU LOKASIMSH SAWAH,LK 100 MTR) 47.5JT NG;HB 0821 79875444 CCK U/INVESTASI DIJUALTNHPEKARANGAN,ADA RMH PERMANEN SHM LS.313 M2 HRG NEGO,JL. P.EMIR M NOER,2 JALUR PALAP, B.LPG;HUB AFI 08161119009 TNH KAV MARGODADI P. CERMIN,LS.10X10=100M,CASH 12JT,CREDIT DP 1JT ANGS 200RBX60BLN,UTK 10 PMBELI PERTAMA,KANTOR 0721. 707654,DWIKA081369110 499,IS 081632381930 TNH KAV BANJAR AGUNG WAYHUI 10X12=120M,CASH 18JT,CREDIT DP 2JT ANGS 300RBX60BLN, PERDANA PROPERTY 0721.707654, DWIKA 081369110499,IS 08163 2381930 CUMA 13 KAVLING JUAL CPT TNH/RMH SHM,L. 1.328M2 CCK U/ USAHA DIP ASAR TLG.PADANG, TANGGA MUS NEGO HB;081379285245 INVESTASI DIJUAL KAVLIN GAN (SHM) DIJATI AGUNG ,DAE RAH KTR GUBERNUR HB; 081237 20649/082306378 410

DIOKONTRKAN PAVILIUN UK.3X6 ,1R.TM,1KMR, DP,K. MDI JL.PRAMUKA G.ALUN2 NO.71 RJ.BS,7JT/TH HUB; IBU EILY 085357680435 NEGO RMH BNGUNAN BARU BNTK KOPEL,1KT,1KM,1DPR,IDR=600RB/ BLN SKTR MOROTAI HUB ;085377949555

RUKO JUAL RUKO 3PINTU PLONG 31/ 2 LT,JL.P.ANTASARI NO.27, SHM,L.12M P.13M(SEB BANK BRI) ,2,1M NEGO ;082182822 669 JUAL RUKO LT.340M2 LB. 12X21M2 ,3LT,GD.TATAAN PESAWARAN ;081331495275

KANDANG AYAM KANDANG AYAM KAP.11.000 EKOR,LOK.ASTO MULYO PUNGGUR LAMTENG ,LT. 2500M 2,3 KDG, 1GDG,1RMH, LIST 1300W,SMR BOR,PERALA TAN LKP ,KONDSI BGUS ;0811 723703

SERVICE TV “CENTRA SERVICE” AHLI TV BRPGLMN ,LCD-SONY-POLYTOSH-LGDLLBRGRNSI;9720006/ 082380720705 DI RMH ANDA

DANA TUNAI PNJMN DANA TUNAI /KRJSM PERMODALN DLM&LUAR DAERH,JMN BNGUNAN/T .KOSNG SHM. MENERIMA CONSULTAN FEE,GND 08211 4164659, 081287795506, 081297 099738, 081297099758 DANA MAKS 500M,DICARI 5 PNGS HASRIUS PRYK PRPRTY,, PRTMBANGN, PRKBUNAN,JMN SHM,BS NM ORLA,NO BI CEK, TRM AGEN, 081283794934, 081218347 230,081290006 187, 081219 190807,08561138743 DANA PASTI CAIR,NO USHA, NO BI CEK,NO ANGS ,NO BY APRAISAL.MUDAH ,CPT,TRM AGEN,FEE MNRIK,TNH &BNGUNN 081319783446/0812 90580636/082124 567312 PINJAMANTNPJMINANSYRT,FC KRT KREDIT ATAU FC SPK,KPR RMH ATAU RUKO HB;0856696 90079/0823777 95298 (APRI) TRMTARIKTUNAI KRTU KREDIT ,2% SIMPUR CENTER LT.DASAR ,PARIKRAN DALAM HUB ; 085273640909

ANDA BUTUH DANA CEPAT RP.2JT-3M U/JAMINAN BPKB MBL- MTR/TAKE OVER-DANA TALANGAN/JUAL BELI MBL BKS CASH&CRDT HB;0811721452

JUAL CPT KAVLING CLUSTER RUBY HILL STRATEGIS 8X15,SHM,081291434463/ 0818726931 TNH LS.4500M2 SHM STR TGIS, 3KM DR PINTU GRBG KT.BARU LPG ,CCK U/ INVES/KAV ,125RB/ M NGO ;081369 490496 TANAH 2 RANTE (17 X50=850M) MARGOMULYO JATI AGUNG !00JT NGO HUB: 087899480571 JUAL TNH SHM 675M,RP.550 RB /M2 CCK UTK KOS2N SAWAH BARU DKT UNILA ;0812797 81717 JUAL TANAH LS 2.100M2 SHM JL.BUMI JAYA (DKT DEALER MTRHONDASOEKARNO HATTA BAY PASS) HP 08218 6698987 JUAL TNH JL.RATU DIBALAU TJG.SENENG GG.IKHLAS LS.840M2 DAN GG.CEMPAKA 8 LS.1490M2 ,SHM HB;0811 790923 BRU BKAKVLINGAN LKS: KOTA BRU PROV. LMPUNG & KAB PSWRN, DJUAL SCR TNAI & KRDIT: HUB: 081379812164 TNHU/VILADIATASGNUNG,700M, AKSES JLN,LHN RATA, 5 MNNT GIANT KMILING 081369928318 JUAL CPT TNH 2KAV 600M, DUSUN MEKAR SARI KEC. JT.AGUNG 300M DR JLN RAYA ;081366790998

LOWONGAN DBTHKN TNG KRJ WNT U/JD BABBY SITTER,USIA 17-40TH, DIPERU ELITE JAKARTA,GJI 1.52.2JT,SYRT LGKP (KTP+IJZH ASLI);HB IBU WINA 0821249856 96/08788568 8458/0815745 55614 DCRI STAF ADM/SKRETRIS, WNT,BRPGLMN,MIN LLSN SLTA/ SDRJ,MGUASAI TEKNOLOGI INFORMSI (IT),LMRN ANTR LSG KE JL.PULAMU PANDAN NO.28 WAYDADI,SUKRME BDL (2 JLR KORPRI)0721.706642/081369489677/ 081369585656/085745585656(TDK MLYNI SMS), LMRN DTUTUPTGL 25 APRIL 2014 PERUSAHAAN DISTRIBUTOR ALAT BERAT MMBTHKN SALES MAN,SARJANA SEMUA JURU SAN DIUTMKN PERTANIAN ,TEHNIK MESIN IPK 2,75 ,MGUASAI BHS INGGRIS LISAN & TULISAN ,BRPGLMN DIBI DANG NYA MIN 2TH ,& PART DEPARTEMENTMIN D3,SEMUA JURUSAN ,KRM LMRN KE JL.KARTINI NO.43 C-D BDL DBTHKAN TNG 1.AKNTING 2.ADMIN 3.FINANCE 4.CUST SRVC. SYARAT-SYRT, PNDIDI KAN MIN S1, WNT USIA 20 S/ D 25 THN PNMPILAN MNRIK, TINGGI 160-165CM, SIAP KRJ KRS U/ MNGEMBANGKAN PRSHAAN. ANTR LMRAN KE DIREKTUR PT. GHALAZ JAYA ABADI JL. HYM MRUK NO.319 BUMI KDAMAIAN BDL BTH 50 ORG TNGA HELPER NON.PENG UTK DI PENGE BORAN MINYAK OFSHORE DI AUSE (DOWLL OIL) DAN UE ARAB (ARAMCO OIL) GJ USD 2000-USD2500BIAYAPMBRGKTN BS POTG GAJI ,HUB ;0821 10389780 PT.BMS HJ.AMRULLAH DBTHKN WNITA SINGLE,MIN D3,BRPNMPILAN MENARIK, MGUASAI COMPUTER ,POSISI ADM,ANTR LSG LMRN KE CV.PUTRA MANDIRI JL.LET JEND NO.8 JALUR 2 KORPRI SUKARAME HUB ;773064

DBTHKN SPG,SPB KONTER NATURAL/HEALTH FSILITAS GAJI POKOK KOMISI,BONUS DAN JENJANG KARIR,LMRAN LSG DIANT AR KE RAMAYANA ROBIN SON RJ.BASA MALL LAMPUNG INFO ;08218053 5250(OSHIN) DBTHKN KRYWTI LLSN SMU U/ TKO, PNMPLAN MNRIK, JJUR, SRIUS, MW LRJAKRS, TGGUNG JWB. KRIM LGSG LMRN KE MBEL UKIR MNUNGGAL JPRA, JL IMAM BNJOL (SBLM JL DRUSALLAM) KMLING 0813691 94843/081215378999 DBTHKN SOPIR SIM B1,UMUM MX 35TH PDDKN SMP,HELPER MX 25TH,PDDKN SMU,PR&KS P&W PDDKN SMU/SMK LMRN LGKAPDTGLSGKEJL.TEMBESU NO.8 CAMPANG RAYA BDL DBTHKN ISTRUKTUR MNGE MUDI&CUSTOMERSERVICE,WA NI TA,INCOME S/D 4JT,ANTR LSG KE WIDI MANDIRI JL.P.MO ROTAI SMPG DOME;08523 2002000 DBTHKN SGR KRYWN/WATI, PNMPLAN MNRIK & JUJUR MIN SMAUSIAMAX28TH,GJIMIN/BLN 2JTLAMBWLGSGDPMRANWAKI GIANT ANTSRI LT1 (DPN PTU MSUK GIANT) 081266615550 DBTHKN 2ORG KRYWN,JUR ADM&AKUNTNSI KMPTER PGLMN,SMA/MIN D1,DUTMKN BRDMSILI DI BDL DUTMKN BERKENDRAN;480307/485013 DIBTHKN SALES U/ SNACK SIM C MTR SNDRI BRPNGLMN LMRN KE JL. M.S BATUBARA 51 T.BETUNG HB 082182134666 DBTHKN SATPAM USIA MAX 27TH,PUNYA SERTIFIKAT SATPAM ,SIM A,PRIA ,LMRN KRM KE JL.BASUKI RAHMAT NO.33 B.LAMPUNG DBTHKN TNG AKUNTING MIN D3 AKT,PGLMN 2TH,U/ PERSH KNSULTAN ENGINEERING, POBOX 1246 BDL 35000 TRM KRYWN BUATTK.PAKAIAN ,JL.SIBOLGA 43 PSR TENGAH TJ.KARANG

JUAL TNH+BANGUNAN DPN ROBINSON RJ.BASA CP.AFFIE ;082371777737 TNH LS.2600M2,SHM, JL.I. BON JOL/JL/BATU KALAM PGR JL ASPAL ;08127914914

DICARI KOS-KOSAN YG AKAN DIJUAL WILAYAH BANDAR LAMPUNG & METRO. DENGAN PENDAPATAN ± 150 JUTA / TAHUN;HUB. 08121573739 KOS2AN STRTGS JL.KARTINI 100M ANTRA HYPERMA RT& MOKA;0721255833/08119 56023

KEBUN JUAL KBUN LS.12HA,BERISI 10.500 POHON SENGON/JABON DAN POHON LAIN LOKASI PGR JALAN, 1,5KM SBLM WADUK BATU TEGI TANGGAMUS HB;0821 83102666 KEBUN SAWIT 10HA,DIBA TURAJA,SDH PRODUKSI ,DIKET. NO TARIS,DIKELOLA KUD ,40JT/ HA NEGO HUB; 0857 88674550

KOS-KOSAN PONDOK INDAH KOST (PIK), KRYWATI/WAN,BLNN,FAS LKP, JL.TERATAI NO 11 ARAWA LAUT (BLKNGRADIOOZ)082128888882/ 085709183578 PONDOK INDAH KOST (PIK), KRYWATI/WAN,BLNN,FAS LKP, JL.TERATAI NO 11ARAWALAUT (BLKNG RADIO OZ) 082128888882/ 085709183578 TERIMA KOST JL.PURI MAERA KACABLKGDEALERYAMAHAJLR 2 WAYHALIM ,FSLTS:AC,TV, LMRI,T4 TDUR,KM DLM;HB 082119831902

TOKO DIJUAL TOKO 1LANTAI,JL.P.ANTSARI 43 ,SHM,LT.114M2 LB.9,5M ,PJ;7M (P.LONG) 450JT NEGO ;082182822669

KEBUN/SAWAH JUAL SAWAH 1HAJATIMULYO HRG 400JT NGO HUB:08789 9480571


28

RABU, 9 APRIL 2014

’’

Wajah total banget. Tadinya dari nggak bisa dandan, kini wajah cerah, jadi lebih cantik, dan pede. Nggak pernah ikut-ikut class makeup.”

Nama TTL Pekerjaan Alamat

: Dwi Citra Pradelvi : Bandarlampung, 17 Juni 1991 : Mahasiswa Sastra Inggris Teknokrat : Karimunjawa, Wisma 2 Blok C No. 7, Sukarame, Bandarlampung Masalah dalam Penampilan: Pipi Tembam dan Wajah Kusam

Makeup: Paris House of Beauty, Ruko Lt. 2 No. 3, Jl. Ki Maja No. 14, kompleks Pertokoan Wayhalim, Bandarlampung, sebelah BNI dan Royal Bakery Telepon: 089661935274 PIN BB: 74F66D78

LetÊs Be A Star on Farewell Party BANDARLAMPUNG – Pisah dengan teman sejawat, semua pasti tidak mau. Terutama jika teman itu adalah sosok yang selama ini memang dekat dengan kamu. Namun, terkadang perpisahan tidak bisa dihindarkan karena setiap kita tentu berhak menentukan masa depan sendiri. Nah, pada kalangan tertentu, biasanya perpisahan ditandai dengan farewell party. Jenis pesta ini adalah tradisi yang biasa dilakukan untuk menandai ketika ada rekan, teman, atau kolega akan ’’berpisah’’. Ya, semacam pesat perpisahanlah. Sebagai penanda perpisahan, tentunya dalam party itu kita ingin terlihat cantik kan? Makeover Paris House of Beauty –salon khusus wanita– akan memberikan solusi jitu bagi Anda agar terlihat cantik pada farewell party sehingga kesan yang ditimbulkan bisa

menjadi kenangan positif bagi teman atau kolega kita itu. Owner sekaligus beauty consultant Paris House of Beauty, Yustinia, mengatakan, untuk makeup farewell party sebaiknya dipilih yang tahan lama, awet muda, dan agak berani. Seperti yang akan dilakukan pada Dwi Citra Pradelvi. Langkah pertama, wajah dibersihkan dengan susu pembersih agar makeup dapat merata dan wajah bisa terlihat lebih fresh. Lalu, giliran penambahan foundation agar makeup lebih awet. Langkah ini juga memberikan efek warna lebih natural. Tahap selanjutnya adalah pemakaian pensil alis warna cokelat untuk mempertegas garis mata. Dilanjutkan dengan pemakaian shadow. Pilih warna cokelat terang emas atau putih agar wajah terlihat cerah. Kemudian gunakan bulu mata. Karena bulu mata Dwi sudah tebal, penggunaannya jangan terlalu banyak. Teruskan dengan pemakaian eyeliner. Dilanjutkan dengan pemakaian blush on warna pitch agar pipi terlihat lebih tirus. ”Karena Dwi ini memiliki

pipi agak tembam, jangan gunakan warna pink karena akan membuat pipinya nanti terlihat lebih tembam,” katanya. Langkah terakhir adalah tata rambut dengan teknik curly agar tampak lebih elegan. Nah, sekarang Anda siap menghadiri farewell party. Othin –panggilan akrab Yustinia– memberikan tips untuk Anda yang memiliki wajah dan badan agar besar. Tips pertama adalah pemilihan makeup yang tepat. Supaya tetap awet, beri milk cleanser di bagian kelopak mata agar shadow tahan lama. Gunakan gradasi warna cokelat agar kesan remaja lebih terlihat. Jangan lupa berikan efek glitter di bawah mata agar tampak lebih terang. ’’Sebaiknya pilihlah dress warna hitam polos agar terlihat kurus. Bisa dipadukan dengan shale berwarna-warni dan penggunaan minimalis aksesori. Jika ini dilakukan, dirimu akan tampil beda dan aura cantikmu dengan busana farewell party akan lebih terlihat,” ungkapnya. (red/p6/ c2/fik)


RADAR LAMPUNG | Rabu, 9 April 2014