Page 9

JELANG PILKADA 2010

RABU, 24 FEBRUARI 2010

9

KPU Koordinasi Dikti dan Deplu

SUARA MASUK SELASA (22/2) BALON WALI KOTA BANDARLAMPUNG NAMA BALON Herman H.N. Kherlani Nurdiono Eddy Sutrisno Dhomiril Hakim

DUKUNGAN 7.999 7.066 4.630 4.063 114

BALON WAKIL WALI KOTA BANDARLAMPUNG Heru Sambodo Sugiyanto Hantoni Hasan

1.031 908 12

BALON BUPATI LAMPUNG SELATAN Taufik Hidayat Wendy Melfa Rycko Menoza Fadhil Hakim Zainudin Hasan Andi Warisno

403 278 36 27 2 7

BALON WAKIL BUPATI LAMPUNG SELATAN Agus Revolusi Eki Setyanto A Ben. Bella Ikang Fauzi/A. Zulfikar Fauzi

220 140 15 3

BALON BUPATI PESAWARAN Firman Rusli Arissandi D.P., S.H., M.H. Johan Sulaiman Hi. Sutrisno Yuwono Andika Wibawa Dimyadi Roni Pattimura M. Nasir, S.I.Kom.

2.141 2.082 1.202 128 124 305 77 21

BALON WALI KOTA METRO Djohan Lukman Hakim Abdul Haris

247 139 22

BALON WAKIL WALI KOTA METRO Prof. Dr. Hi. Juhri

2.040

BALON BUPATI LAMPUNG TIMUR Noverisman Subing Satono Yusron Amrullah

35 27 20

BALON WAKIL BUPATI LAMPUNG TIMUR Yuliansyah

119

BALON BUPATI LAMPUNG TENGAH Ery Setyanegara Hery Suliyanto Hi. Mahfud Santoso Raden Zugiri Helman Saleh A. Mufti Salim Yurida Erwin Nizar Rusliyanto Musa Ahmad Mudiyanto Thoyib Syamsir Firdaus M. Faisal

751 602 365 189 162 160 98 30 26 26 15 45

BALON BUPATI WAYKANAN Akhmad Suwandhy Natapraja Hi. Agung Ilmu Mangkunegara Ali Subaidi Hi. Bustami Zainudin

1.478 753 201 114

PIS Bakal Surati KPU KALIANDA – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Indonesia Sejahtera (PIS) Lampung Selatan akan menyurati Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Surat yang akan dilayangkan ke lembaga penyelenggara pemilu itu terkait ketidakjelasan dukungan koalisi dua partai politik (parpol), yaitu PIS dan Partai Kedaulatan (PK) versi Sekjen Restianrick, serta koalisi 21 parpol nonparlemen yang mengusung pasangan bakal calon bupati-wakil bupati Andi Warisno-A. Ben Bella. Ketua DPC PIS Lamsel Ali Hanafi mengatakan, secara prosedural pihaknya akan melayangkan surat ke KPU terkait belum jelasnya arah koalisi parpol nonparlemen yang mengusung Andi Warisno-A. Ben Bella. ’’Secara lisan memang sudah kami sampaikan. Tapi, administrasi dan prosedurnya belum kami buat. Setelah kami buat, surat pemberitahuan itu akan kami layangkan,” kata Ali kemarin (23/2). Menurutnya, surat yang akan dilayangkan itu hanya bersifat pemberitahuan. Ia juga mengaku hanya menyampaikan ketidakjelasan arah serta visi-misi bakal calon bupati-wakil bupati (balonbup-balonwabup) yang akan diusung koalisi parpol nonparlemen itu. ’’Surat ini hanya sebagai pertimbangan. Artinya,

pemberitahuan belum jelas arah dan koalisinya,” ujarnya. Ali juga mengaku surat itu akan dilayangkan pada Kamis (25/2). ’’Suratnya sedang kami konsep. Mudah-mudahan besok selesai. Kamis akan kami layangkan,” ungkapnya. Meski demikian, Ali belum mau membeberkan arah koalisi serta komitmen balonbup-balonwabup yang dianggap belum jelas tersebut. ’’Pada prinsipnya, kami menilai balonbupbalonwabup yang kami usung belum memiliki kesamaan visimisi dalam memajukan Lamsel ke depan,” pungkasnya. Terpisah, Warsito yang menjadi ketua pemenangan koalisi nonparlemen pengusung Andi Warisno-A. Ben Bella mengatakan, pihaknya akan melakukan pendekatan kembali terhadap PIS, baik di tingkat kepengurusan DPD maupun DPP terkait hal tersebut. ’’Ini hanya hal miskomunikasi. Yang jelas arah koalisi kami sudah jelas. Tinggal dikomunikasikan saja,” kata Warsito kemarin. Ia meminta PIS Lamsel tetap pada barisan koalisi nonparlemen yang mengusung ketua FGHM Provinsi Lampung dan mantan anggota DPD RI tersebut. ’’Kami berharap PIS masih mendukung koalisi ini,” pintanya. (rnn/adi)

KALIANDA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Selatan akan memverifikasi faktual persyaratan bakal calon (balon) bupatiwakil bupati yang akan maju pada Pilkada 2010. Beberapa persyaratan yang akan diverifikasi faktual, di antaranya ijazah balon dan dukungan partai politik (parpol) terhadap para pasangan balon yang maju pada pilkada dengan diusung parpol. Termasuk juga bukti dukungan bagi balon perseorangan. Tahapan pilkada ini rencananya dilakukan awal Maret 2010. Ketua KPU Lamsel M. Abdul Hafidz, S.Si. menjelaskan, untuk ijazah balon, pihaknya akan menyambangi sekolah yang bersangkutan. Terkecuali balon yang memiliki ijazah luar negeri. Untuk memverifikasi faktual balon yang memiliki ijazah dari luar negeri, pihaknya hanya akan bekerja sama dengan pendidikan tinggi (dikti) dan Departemen Luar Negeri (Deplu). Alasannya, KPU tidak memiliki anggaran untuk memverifikasi ijazah ke luar negeri. ’’Anggarannya dari mana? Karena itu, kami akan berkoordinasi dengan Deplu dan dikti untuk mengecek keabsahannya,” terang Hafidz kemarin. Hafidz menjelaskan beberapa balon yang memiliki ijazah luar negeri, yaitu Rycko Menoza S.Z.P., S.H., M.H., M.B.A. Menurutnya, gelar MBA yang dimiliki Rycko berasal dari Ottawa City University, Amerika Serikat. Balon lainnya, Ahmad Zulfikar Fawzi atau yang dikenal dengan nama Ikang Fawzi. Ijazah sekolah dasar (SD) balon wakil bupati yang berpasangan dengan Dr. Zainudin Hasan ini berasal dari salah satu sekolah yang berada di Jepang. ’’Dengan berkoordinasi dengan Deplu dan dikti, kami dapat memverifikasi keabsahannya,” ujarnya. Hafidz optimistis sebelum penetapan balon dilakukan, yaitu 1 April 2010, verifikasi terhadap berkas balon rampung dilakukan. Untuk memverifikasinya, seluruh komisioner KPU akan dioptimalkan untuk verifikasi persyaratan seluruh balon. Sementara untuk memverifikasi dukungan parpol, KPU Lamsel juga rencananya mengeceknya ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) masingmasing parpol yang menyatakan dukungannya itu. ’’Dari sini dapat dilihat keabsahan dukungan parpol tersebut,” katanya. Sedangkan balon dari perseorangan, verifikasi dukungan dilakukan dengan mengeceknya di tingkat panitia pemungungutan suara (PPS), panitia pemilihan kecamatan (PPK), dan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ini dilakukan untuk mengetahui keabsahan dukungan bagi balon perseorangan tersebut. (dur/rnn/adi)

Maret, Logistik Pilkada Ditender KALIANDA – KPU Lampung Selatan terus melakukan persiapan menghadapi Pilkada 30 Juni 2010. Rencananya, pada Maret 2010 KPU menenderkan sejumlah kebutuhan logistik untuk pemilihan bupati-wakil bupati di kabupaten itu. Sekretaris KPU Lamsel Taji Akhmad menerangkan, pihaknya hanya menenderkan logistik yang benar-benar diperlukan untuk Pilkada 2010. Beberapa kebutuhan logistik yang akan ditender tersebut, di antaranya surat suara, tinta, formulir-formulir, dan kartu pemilih. Kini pihaknya masih mengoordinasikan anggaran untuk pengadaan logistik tersebut ke pemkab. ’’Ini masih kami koordinasikan,” ujarnya kemarin. Semua perusahaan yang memenuhi kualifikasi dapat mengikuti tender logistik tersebut. Sayangnya, dengan alasan tidak hafal persis jumlah anggaran untuk pengadaan logistik tersebut, mantan Kabag Bina Mental dan Spiritual Pemkab Lamsel itu tidak menyebut jumlah anggarannya. ’’Wah, kalau itu saya lupa persisnya,” katanya. Taji optimistis sebelum perhelatan pilkada digelar semua kebutuhan logistik untuk pilkada telah disiapkan. Bahkan telah didistribusikan. Mengenai kotak suara dan bilik suara, ia menegaskan bahwa dua logistik tersebut akan menggunakan bekas Pilpres dan Pileg 2009. ’’Kondisinya masih baik sehingga bisa digunakan,” katanya. Ketua KPU Lamsel M. Abdul Hafidz, S.Si. sebelumnya menerangkan, tidak kurang dari 6.712 kotak suara yang akan dipersiapkan pada Pilkada 2010. Meski belum diinventarisasi, setidaknya ada sekitar 1.700 tempat pemungutan suara (TPS) pada pilkada nanti. Data ini merujuk dengan jumlah TPS pada Pileg dan Pilpres 2009. Masing-masing TPS rencananya ditempatkan dua bilik suara. (dur/adi)

Dukungan Hanura Berpolemik

FOTO DINA PUSPASARI

BALON INDEPENDEN: Bakal calon bupati Lampung Selatan dari jalur independen, Fadhil Hakim, sedang menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUDAM Bandarlampung kemarin.

BANDARLAMPUNG – Dukungan Partai Hanura terhadap bakal calon bupati-wakil bupati Lampung Selatan masih berpolemik. KPU mengaku hanya menerima rekomendasi dukungan Partai Hanura untuk pasangan Wendy MelfaAntoni Imam. Sementara pasangan Rycko Menoza-Eki Setyanto, meski tidak menyertakan rekomendasi dari Partai Hanura dalam pencalonannya, mengklaim didukung DPP Partai Hanura. ’’Surat pencalonan Partai Hanura untuk Wendy, sedangkan di berkas pencalonan Rycko tidak ada. Kami hanya sekadar terima berkas,” kata Ketua KPU Lamsel M. Abdul Hafidz kepada Radar Lampung di sela-sela mendampingi balon bupati-wakil bupati yang memeriksakan kesehatan jasmani di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Hi. Abdul Moeloek (RSUDAM) Bandarlampung kemarin. Hafidz melanjutkan, KPU akan melakukan verifikasi pencalonan terlebih dahulu, termasuk rekomendasi dari parpol pengusung dan pendukung. Dalam aturannya, setelah verifikasi berkas pencalonan, ada kesempatan perbaikan kelengkapan persyaratan bagi balon. Anggota KPU Lamsel Dwi Arianto menambahkan, saat mendaftar sebagai calon bupati dan wakil bupati pada 19 Februari 2010, pasangan Rycko-Eki tidak melampirkan rekomendasi Partai Hanura dalam blangko pencalonan model B. ’’Yang melampirkan rekomendasi dari Partai Hanura hanya pasangan Wendy Melfa dan Antoni Imam,” kata Dwi. Saat dikonfirmasi, Rycko sendiri mengatakan bahwa dirinya telah menerima rekomendasi asli dari DPP Partai Hanura untuk dirinya. ’’Yang menyatakan adalah Bu Elza Syarief, Korwil DPP Partai Hanura untuk Lampung, bahwa saya merupakan satu-satunya calon yang direkomendasikan,” kata Rycko usai pemeriksaan kesehatan. Terpisah, Ketua DPD Partai Hanura Lampung A. Ferdinand Sampurnajaya mengatakan bahwa dirinya belum menerima tembusan surat rekomendasi dukungan terhadap cabup Lamsel. Meski demikian, DPD Partai Hanura Lampung dan DPC Partai Hanura Lamsel mengarahkan dukungannya kepada Wendy-Antoni. ’’Dukungan DPC dan DPD ke Wendy, sedangkan kami belum menerima surat dari DPP,” ujar Ferdinand. (dna/adi)

RADAR LAMPUNG | Rabu, 24 Februari 2010  

epaper radar lampung

Advertisement