Issuu on Google+

FEBRUARI 2014 EDISI 2 RP. 0,-

38PAGES


22

08

NEW ARRIVAL 04 Nissan Evalia Facelift Dapat interior baru yang segar 06 Honda Mobilio Lahir

Bakal menggoyang pasar small MPV

COMING SOON 08 Coming Soon dari Small MPV

Pasar bakal tambah ramai

COMPARISON 10 Mobilio vs Grand Livina Pertarungan kelas atas.

14 Spin 1.2 vs 1.3 vs 1.5

04

Mana yang cocok untuk anda?

USED CAR 16 Mobkas Small MPV 2012

10

Belum terlalu tua, tak terlalu mahal.

INSPIRASI 20 Berbagai inspirasi Small MPV

Ayla MPV, Evalia modif & GL Nismo

22 Panduan beli G. Livina seken

16

Beserta sejarah dan seluk-beluknya

NEWS 26 Mobil terlaris 2013 & BMW M5 27 Produksi Ecosport dimulai Di Thailand Ford merayakannya.

26 20 32

28 Toyota Agya Diekspor Namanya jadi Toyota Wigo.

30 City Anyar Hadir di Thailand

Kapan masuk Indonesia?

REVIEW 31 Daihatsu Ayla D Review Sepelit apakah mobil termurah ini?

STORY 32 Test Drive, Perlukah? Kami membahas seluk-beluk test drive.

34 Tips Beli Mobil CBU di IU Ada yang harus diperhatikan.

36 Auto Expo Digelar di India

30 32

2 • Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org

Banyak mobil konsep dan debut.

37

Follow Twitter kami Banyak update tentang blog.


FROM THE EDITOR Pada edisi kedua ini, kami mencoba mengangkat salah satu tema khusus yaitu Small MPV. Kenapa Small MPV? Kenapa bukan MPV secara global? Yang pertama, cakupannya lebih kecil dan kedua jenis itulah yang paling diminati di Indonesia. Perlu saya tegaskan, kami mendefinisikan Small MPV sebagai mobil 7-8 penumpang yang berkapasitas mesin 1.000-1.600 cc yang bukan mobil niaga. Cakupannya bisa dari Datsun GO+ LCGC dengan mesin 1.2 liter seharga Rp 80 jutaan hingga Proton Exora Turbo 1.6 liter berharga Rp 250 jutaan. Bisa juga Daihatsu Xenia 1.000 cc yang dibanderol Rp 140 jutaan hingga Honda Freed 1.500 cc yang dipatok Rp 260 jutaan. Mobil yang akan datang dan bekas juga tak luput dari perhatian. Beberapa komparasi juga dimasukkan. Namun tenang saja, kami tak menghilangkan konten non-small MPV. Semua ditempatkan di halaman belakang. Oh ya, karena semua itu halaman Auto+ Magazine ditambah. Sekadar info, di setiap edisinya Auto+ Magazine jumlah halamannya tidak tetap. Semua tergantung banyaknya berita. Selamat membaca! Kiranya bila ada kesalahan mohon dimaafkan. Salam, Andra Febrian

Ralat

Terjadi kesalahan ketik pada edisi 001. Pada halaman cover tertulis “Januari 2013” seharusnya “Januari 2014”. Redaksi mohon maaf.

EDITORIAL Editor In Chief Andra Febrian, andra.febrian@gmail.com

Associate Editor Andra Febrian, andra.febrian@gmail.com

Contributing Writer Rayhan Zhafir, kakadedekeren@gmail.com

Contributing Writer Rakhen Naufal, rakhen1411@gmail.com

Art Director Andra Febrian, andra.febrian@gmail.com

Graphic Artist Andra Febrian, andra.febrian@gmail.com

Circulation Officer Andra Febrian, andra.febrian@gmail.com

Sales Officer Andra Febrian, andra.febrian@gmail.com

andra-febrian.blogspot.com idcarblog.blogspot.com

Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org • 3


NEW ARRIVAL

SETELAH PENJUALANNYA TURUN, saatnya NISSAN EVALIA UNJUK GIGI DENGAN FACELIFT ISTIMEWA

EVALIA DAPAT INTERIOR BARU N issan Evalia diberi penyegaran untuk kedua kalinya. Evalia anyar ini ternyata mengalami kenaikan harga yang tinggi dibandingkan dengan model lama. Tengok varian termewahnya yang dijual dengan banderol mencapai 217,5 Juta Rupiah.

Evalia XV Highway Star AT

Perbedaannnya meliputi warna interior, jok kulit, console box, tutup glove box, folding tray table dan armrest belakang dandetailing pada bagian kaki kursi yang ditutup cover plastik dan karpet bludru membuatnya kini tampil lebih mewah sebagai mobil keluarga. Perubahan ini sangatlah signifikan karena sebelumnya Evalia punya interior yang sangat sederhana, mirip mobil niaga.

Evalia SV AT

Rp 217,5 Juta

Evalia XV Highway Star MT Rp 206,5 Juta

Rp 201 Juta

Evalia SV MT Rp 190,5 Juta

Evalia St MT Rp 176 Juta

4 • Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org


Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org • 5


NEW ARRIVAL

HONDA MOBILIO

LAHIR

ISTIMEWA

6 • Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org


NEW ARRIVAL

Honda Mobilio S M/T Rp 159.500.000

Honda Mobilio E M/T Rp 179.000.000

Honda Mobilio E CVT Rp 189.500.000

Honda Mobilio Prestige CVT Rp 198.000.000,-

S

etelah ditunggu-tunggu kehadirannya sejak 2012, akhirnya Honda mengumumkan melalui siaran pers bahwa PT Honda Prospect Motor, telah meresmikan fasilitas manufaktur kedua di Karawang, Jawa Barat, untuk memproduksi Mobilio MPV yang artinya Mobilio telah dimunculkan versi produksinya, tentunya juga harga resmi yang pasti. Seperti dugaan beberapa media massa, harga Mobilio melonjak dari harga prediksi (Rp 150-190 jutaan). Akhirnya Honda mematok harga Mobilio mulai dari Rp 159,5 juta. Masih murah bila dibanding dengan Grand Livina yang dijual mulai dari 179 juta rupiah. Seperti yang dijanjikan pula, tampang Mobilio tak banyak diubah

dibandingkan versi purwarupa atau prototipe. Bedanya hanya pelek, emblem ‘Honda’, ‘Mobilio’, ‘i-VTEC’ dan tipenya masingmasing, dan detail kecil lainnya. Demi menarik konsumen, Honda memberi paket servis yang hemat. Dimana PT Honda Prospect Motor memberi tarif servis Honda Mobilio untuk jangka 3 tahun dan 6 tahun yang dapat dibayar dimuka. Namun bisa juga dimasukkan ke dalam angsuran kendaraan. Paket Cermat ini tidak memberlakukan biaya tambahan jika ada kenaikan harga jasa dan spare parts kelak. Tentu saja lebih tak menguras kantong bila dibandingkan dengan service sendiri di bengkel resmi sampai 3 atau 6 tahun ke depan.

Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org • 7


COMING SOON

MISTERI DARI CHEVY C

hevrolet pernah mengisyaratkan akan mengeluarkan MPV baru. Masih samar apakah MPV tersebut adalah Spin facelift atau model baru. Namun menurut sumber kami MPV dari Chevy tadi masuk ke kelas Small MPV. DATSUN

DATSUN GO+

S

SIAP TEMPUR LCGC

enjata Nissan yang akan dikeluarkan pada Maret 2014 ini diperkirakan sangat ampuh. Dengan harga perkiraan Rp 85 juta, mobil 5+2 penumpang ini bahkan lebih murah dari Suzuki Carry Real Van. Apalagi diperkuat mesin 1.200 cc 76 hp yang lebih besar dari Toyota Agya. Eitss, sebelum dijual dengan harga segitu, Nissan harus menyiapkan nama Indonesia. Kata Nissan, nama Indonesia mobil ini adalah Datsun GO+ Nusantara dengan logo peta Indonesia. Aneh?

BELUM SIAP PRODUKSI?

S

WAGON R MPV 8 • Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org

ERTIGA DIESEL

uzuki juga punya senjata rahasia mereka sendiri. Ada Ertiga Diesel dan calon LCGC yaitu Suzuki Wagon R 3 Rows Concept yang pernah ditampilkan selama dua hari pada gelaran IIMS 2013. Namun Suzuki mengatakan mereka belum punya rencana untuk memproduksinya. Memang, saat ini kapasitas pabrik Suzuki di Tambun, Bekasi sedang penuh. Sehingga mungkin mobil-mobil seperti ini masih dipending.


DETIKOTO

COMING SOON

S ERTIGA SPORTY

ERTIGA MAKIN SPORTY SPIN DIESEL A/T

uzuki secara resmi telah menyatakan akan meluncurkan Ertiga Sporty pada Maret 2014. Hal itu juga diutarakan Suzuki pada iklannya yang tersebar di beberapa media cetak. Suzuki menyatakan DP dari Ertiga Sporty mulai dari Rp 35 jutaan. Prediksi harganya mungkin sekitar Rp 200 jutaan.

MATIK UNTUK YANG TERIRIT

P ISTIMEWA

T GMAWI juga pernah menyatakan akan merilis tipe baru dari Spin yaitu 1.3 Diesel bertransmisi otomatis pada 2014. Bila Ertiga Diesel belum juga datang maka Spin Diesel seolah melenggang tanpa saingan yang sepadan apalagi dengan hadirnya tipe baru.

L

ima tahun sudah Daihatsu memproduksi Luxio tanpa ubahan yang berarti. Artinya, tahun 2014 dapat jadi momentum untuk menyegarkan Luxio. Memang penjualannya tak begitu gemilang. Luxio hanya terjual ratusan unit per bulan. Keputusan ada di tangan Daihatsu apakah akan dihentikan produksinya atau tetap berlanjut dengan melakukan facelift pada Luxio.

LUXIO MENANTI FACELIFT Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org • 9


PERTARUNGAN KELAS ATAS Duo Small MPV kelas atas ini dipertemukan.

FOTO : ANDRA FEBRIAN

A

da beberapa kesamaan dari mereka. Yaitu pertama, bodinya yang berbasis pada hatchback. Dalam hal ini, Grand Livina berdasarkan pada Nissan Livina XR yang sebenarnya adalah versi lain dari Nissan Note. Kalau Mobilio, anda mungkin sudah tahu yaitu dari Honda Brio. Kedua, sama-

sama berpenggerak roda depan, tak seperti Avanza. Ketiga, bersasis monokok lagi-lagi tak seperti Avanza. Keempat, mesin 1.500 cc dan terakhir bentuk dan dimensi yang mirip-mirip. Faktor itulah yang membuat kami mencoba membandingkannya.

MEREKA BERDUA PUNYA KESAMAAN YANG KRUSIAL

BACK SEAT DRIVER Apa sajakah pilihan warnanya?

Berapakah rentang harganya?

Grand Livina punya enam pillihan warna yang dapat dipilih, yaitu putih, silver, abuabu, hitam, biru tua dan marun (kecuali X-Gear). Kalau Mobilio ada putih, silver, abu-abu, hitam, emas, biru dan coklat.

Mobilio dijual dari angka 159,5 juta rupiah hingga 198 juta rupiah. Grand Livina rentangnya lebih besar lagi, yaitu Rp 179 jutaRp 260,5 juta.

10 • Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org


S

KOMPARASI

nissan Grand LIvina 1.5 XV CVT Baru disegarkan, Grand Livina semakin memikat dengan penyegaran besar alias major change. Moncong dan buritan berubah drastis, walau disisakan sedikit aroma Livina. Dengan harga 209 juta rupiah saat diluncurkan, varian yang satu ini hanya terkoreksi Rp 3 juta dari yang lama. Bagian belakang ada rasa Eropa dari lampu memanjangnya. Namun tampilannya dirasa agak aneh bagi sebagian orang. Oh ya, font pada emblemnya berubah juga. Klaim Nissan Grand Livina baru lebih irit 13 persen dibanding pendahulunya, dan tenaga meningkat 5 dk. Itu artinya bila sebelumnya GL ‘ditarik’ 109 kuda,

kini menjadi 114 kuda. Bila GL 2007-2011 berwarna beige semua dan 20112013 hitam seluruhnya, kini warna interior All-New GL beige dan hitam. Setirnya berubah seperti milik AllNew Serena, lebih membulat dan modern. Panel instrumen atau speedometer juga berubah. Sistem AC masih sama, tidak ada lubang AC di atap. Sistem AC dibelakang mengandalkan lubang AC yang ada di konsol tengah. Namun embusan yang cukup kencang membuat dingin merata di setiap baris. Itu juga didukung bentuk atap yang melengkung. Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org • 11


HONDA MOBILIO PRESTIGE CVT Setelah saat itu ditunggutunggu oleh pecinta Honda, Mobilio menampakkan diri pada ajang IIMS 2013. Ternyata tampangnya lumayan mirip dengan sketsa yang pernah diedarkan Honda. Yaitu memiliki lampu belakang besar, bumper dan gril yang dibedakan dengan Brio namun dengan lampu depan yang sama. Plus lekukan garis jendela belakang yang tak lazim. Tipe tertinggi adalah Mobilio Prestige, yaitu tipe tertnggi di keluarga Mobilio diatas tipe S, E dan E CVT. Perbedaannya ada pada pelek yang lebih mewah. Namun sebenarnya pelek yang terpasang ada Mobilio di IIMS lebih keren

dan pas untuk Mobilio. Perbedaan juga ada pada beberapa aksen krom di foglamp, pintu samping, dan diatas plat nomor belakang. Desainnya secara keseluruhan sudah manis, bahkan pada tipe S yang minim aksesori alias polos. Dipadu dengan pilihan warna memikat, Mobilio secara tampilan lebih keren dari Grand Livina. Jok Mobilio sama dengan milik Brio, di mana sandaran kepala menyatu dengan jok. Dan, pada baris kedua, di atap terdapat blower AC, yang tentu saja tidak dimiliki Brio, memastikan semua ruang kabin menjadi adem. Ruang kaki juga sangat lel-

12 • Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org

uasa. Kursi baris ketiga juga cukup ringkas, tapi sudah dilengkapi sandaran kepala dan masih cukup nyaman di duduki orang dewasa. Kalau mau ruang bagasi lebih luas, kursi tinggal dilipat. Double blower, airbag, seatbelt di seluruh tempat duduk dan reclining seat telah hadir pula di Mobilio. Begitu pula sistem keselamatan seperti ABS. Namun sayang speaker yang dimiliki Mobilio di seluruh tipe hanya dua. Oh ya, pelek alloy diamond-cut 15 inci itu juga belum tentu dimiliki oleh Mobilio versi produksi. Oh ya, Mobilio Prestige tetap memakai mesin 1.497 cc 118 dk i-VTEC.


#1 #2 KESIMPULAN Mobilio lagi-lagi menang. Ia memiliki daya tarik yang tinggi dan itulah mengapa daftar pesanan mencapai 5.000 unit sejak September 2013. Desain keren, fitur melimpah, performa baik, handling mantap dan image Honda menjadi beberapa magnet untuk menggaet calon konsumen. Sementara Grand Livina harus puas menjadi yang kedua. Grand Livina mobil bagus, namun masih tersisanya desain lama dari tahun 2007 menjadi alasan. Begitu pula performanya yang sedikit dibawah Mobilio. Namun Grand Livina dapat berbangga karena konsumsi BBM-nya diprediksi akan lebih irit dari Mobilio. Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org • 13


FOTO : ANDRA FEBRIAN

“SPIN YANG MANA?” C hevrolet Spin memiliki tiga varian mesin, yaitu 1.229 cc bensin, 1.248 cc diesel dan 1.485 cc bensin. Banyaknya pilihan mesin kadang membuat bingung mana yang mesti dipilih. Nah di komparasi ini penulis bakal membandingkan

ketiganya, namun mengesampingkan fitur, kepraktisan, fun to drive dan lain-lain yang di semua varian Spin sama. Fitur tidak diperhitungkan di komparasi ini karena pada varian LT, fitur yang dimiliki tidak berbeda. Namun, di sini kami bakal

Performa

14 • Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org

Ada tiga pilihan mesin Spin. Kami pun mencoba membantu memilihkan mana yang bagus.

menggunakan Spin tipe LTZ dan LT khusus Spin 1.2 yang tidak memiliki tipe LT. Dan transmisi diseragamkan, yaitu manual karena hanya Spin 1.5 yang memiliki transmisi otomatis. Manakah yang terbaik? Kita lihat dulu dari segi performa.

Di segi performa, pastinya tipe 1.5 yang unggul. Tenaga kudanya mencapai 104 dk, terbesar di keluarga Spin dibandingkan 1.2 (86 dk) dan diesel (75 dk). Namun untuk torsi, Spin berbahan bakar solar adalah jawaranya. Ia dapat memuntahkan 190 Nm, jauh mengalahkan Spin 1.5 (141 Nm) dan 1.2 (115 Nm). Untuk akselerasi 0-100 km/jam, Spin diesel mencatat 17,11 detik versi Auto Bild, 1.5 mencetak 13,9 detik sedangkan 1.2 butuh 15 detik.


KOMPARASI

KONSUMSI BBM Soal harga, anda yang menentukan sendiri. Apakah pas dengan budget?

Kita lihat, Spin diesel dapat mencetak konsumsi BBM 13,85 km/l di dalam kota dan angka fantastis 20,96 km/l di jalan tol. Sangat irit untuk mobil sebesar Spin. Penyebabnya adalah torsi yang sangat besar yang membuat pedal gas tidak perlu diinjak dalam. Lalu Spin bermesin 1.5 dapat mencetak 9,4 km/l di dalam kota dan 15,7 km/l di jalan bebas hambatan. Sedangkan Spin 1.2 hanya mencetak 10,1 km/l di dalam kota dan 13 km/l di tol. Agak mengecewakan bagi tipe 1.2.

HARGA

1.2L LS MT - Rp.144.800.000.1.2L LT MT - Rp.158.800.000.1.5L LT MT - Rp.165.800.000.1.5L LTZ MT - Rp.172.800.000.1.5L LTZ AT - Rp.183.800.000.1.3L Diesel LT MT - Rp.185.800.000.1.3L Diesel LTZ MT - Rp.195.800.000.-

SPESIFIKASI

KESIMPULAN Kami tidak menetapkan peringkat di komparasi ini. Jadi, semua kembali pada Anda. Kalau Anda menginginkan konsumsi BBM yang hemat, maka Spin diesel jawabannya. Mau transmisi matik, tak ada pilihan lain selain memilih tipe 1.5. Atau budget terbatas, ya pilih varian 1.200 cc. Tinggal memikirkan apakah pilihan Anda tepat. Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org • 15


OTOMOTIF

MOBIL BEKAS

SMALL MPV BEKAS 2012

M

obil Small MPV baru mana yang bisa dibeli dengan harga Rp 130 juta? Tidak ada. Dengan memilih mobkas, pilihannya banyak sekali. Biar masih muda dan segar, kami pilihkan small MPV bekas dengan tahun produksi 2012. Apa saja? Bagaimana plus-minusnya? Simak disini.

Toyota Avanza 2012

Harga : Rp 130-170 jutaan + Populasi banyak, aksesoris lengkap - Terlalu mainstream, tampilan membosankan Mobil terlaris di Indonesia ini masih menarik bila dipinang dalam kondisi bekas. Namun banyak pemilik Avanza yang merupakan first-time buyer sehingga perhatikan baik-baik kondisi mobil jika mau membeli. Tapi juga karena populasinya banyak, maka mudah bagi anda untuk mencari Avanza yang kondisinya paling baik.

16 • Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org

Suzuki Ertiga 2012

Harga : Rp 135-155 jutaan + Konsumsi BBM, waktu akselerasi singkat - Tidak ada matik, belum double blower (2012) Ertiga 2012 bekas bisa diboyong dengan harga mulai dari Rp 130 jutaan. Ertiga lebih irit dan cepat dari pesaing-pesaingnya. Namun kelemahannya Ertiga produksi 2012 yaitu belum dilengkapi AC double blower dan transmisi otomatis. AUTOBILD


MOBIL BEKAS

Nissan Grand Livina 2012 Harga : Rp 140-190 jutaan

+ Irit BBM, mesin 1.500 cc, kualitas - Kabin kecil, dimensi lebih panjang Bila Grand Livina baru belum terjangkau duit, maka ada alternatif yaitu mobil bekas. Karena baru berumur dua tahun kondisinya kebanyakan masih apik. Namun bila anda mencari mobil besar maka Grand Livina bukanlah pilihan tepat.

Nissan Evalia 2012

Harga : Rp 130-160 jutaan + Kabin besar, irit BBM, eksterior mewah - Interior murahan, pelek kecil Yang butuh mobil besar, Evalia dapat jadi pilihan. Dengan bentuk kotak, kabin leganya tersebut bisa memuat sebuah sepeda motor. Biarpun lega namun kabin Evalia terlihat murahan dengan laci tanpa tutup dan kelir hitam. Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org • 17


Suzuki APV Arena 2012 Harga : Rp 105-140 jutaan MOBIL BEKAS

+ Kabin besar, banyak tipe - Sedikit boros BBM, performa lemah APV dikenal sebagai MPV serba guna. Namanya juga All Purpose Vehicle! Kabin lega, bisa muat barang dan orang. Namun kalau anda mencari mobil irit BBM atau performa tinggi, APV bukan untuk anda. Tetap saja, mobil ini memang tak dibuat untuk performa tinggi. Dengan usia baru dua tahun anda bisa mendapatkannya dengan harga dibawah Rp 140 juta. AUTOBILD

Proton Exora 2012

Harga : Rp 125-170 jutaan + Mesin besar, ada tipe turbo - Sentimen Malaysia, diragukan masyarakat Exora sebenarnya adalah pilihan yang bagus. Namun adanya sentimen Malaysia dan adanya keraguan calon konsumen mempengaruhi harga jual kembali Exora. Dengan mesin 1.600 cc turbo dan non-turbo Exora lebih bertenaga dari rivalnya. OLX

Daihatsu Luxio 2012

Harga : Rp 100-130 jutaan + Kabin lega, banyak varian - Depresiasi, model biasa

AUTOBILD

18 • Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org

Luxio adalah pengembangan dari Gran Max yang artinya Luxio adalah versi mewah Gran Max. Artinya, ia punya kabin lega dan sliding door. Nah, namun kelemahan Luxio ada pada performa, desain dan harga jual kembali. Karena harga jual kembalinya turun Rp 50 juta dalam waktu dua tahun. Namun kalau anda mengincar Gran Max, Luxio bisa jadi alternatif yang lebih baik.


OTOSIA

AUTOBILD

Honda Freed 2012

Daihatsu Xenia 2012

+ Sliding door, captain seat, desain - Harga, performa

+ Populasi, paket aksesoris - Mesin kecil, kualitas

Freed adalah pilihan yang menggoda. Dengan power sliding door untuk tipe termahal dan captain seat alias individual seat di seluruh tipe, Freed adalah mobil yang cukup kaya fitur. Namun harganya yang menembus Rp 200 juta menjadi masalah bagi keluarga ber-budget tipis.

Xenia bisa dibilang adalah Avanza versi murah. Dengan pilihan mesin 1.000 cc dan 1.300 cc, Xenia lebih ekonomis. Namun itu harus ditebus dengan kecilnya mesin dan kekurangan tenaga (1.000 cc). Tapi hadirnya paket aksesori (Deluxe, Sporty, Family dan Attivo) cukup menggoda untuk menambah penampilan Xenia.

Harga : Rp 160-230 jutaan

Harga : Rp 110-160 jutaan

Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org • 19


INSPIRASI

DAIHATSU AYLA MPV

Datsun GO+ Nusantara adalah satu-satunya small MPV yang berpartisipasi dalam program pemerintah, Low Cost Green

Car (LCGC). Namun kalau Daihatsu mau mengeluarkan Ayla MPV, persaingan mereka akan sangat ketat. Daihatsu

memang sudah menjadwalkan peluncuran Ayla MPV tapi itu bukanlah Ayla yang dipanjangkan.

MODIFIKASI

NEW NISSAN EVALIA

New Evalia dapat sentuhan spesial dar kami. Ada pelek 18 inci, DRL LED dan fron spoiler. Walau minim, ketiga ubahan itu sudah bisa membuat Evalia tampil lebih stylish.

GRAND LIVINA

NISMO

20 • Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org

Kabarnya Nissan Indonesia akan mengeluarkan Grand Livina Nismo atau Autech, jadi kami buat rendering ini. Makin sporti dan bling-bling dengan pelek Nismo, lampu DRL LED, gril yang dicat hitam, logo Nismo, roof rail dan body kit. Basisnya dari Grand Livina Highway Star.


ri nt u h

Gambar hanya ilustrasi. Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org • 21


MOBKAS : BUYING GUIDE

NISSAN GRAND LIVINA

22 • Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org

FOTO : ANDRA FEBRIAN


MOBKAS : BUYING GUIDE

N

issan Grand Livina adalah salah satu mobil laris di Indonesia. Sejak pertama kali dijual pada 2007 hingga 2013, NMI telah berhasil menjual 150.000 unit di seluruh Indonesia. Kelebihan mobil ini adalah kenyamanannya yang seper-

ti sedan. Bantingan suspensi yang empuk tanpa mengorbankan stabilitas merupakan kelebih­annya. Mesin yang digunakannya pun terbliang bertenaga. Walaupun begitu efisiensi BBM-nya layak diacungi jempol. Makanya mobil ini juga menjadi salah satu prima-

dona di segmen mobil bekas. Populasinya juga banyak di pasar mobkas. Grand Livina juga merupakan kendaraan yang tepat buat liburan. Kabin dengan 3 baris tempat duduk cukup membawa tujuh orang ke tempat tujuan dengan nyaman.

CHECKLIST Bushing suspensi Periksa bushing di mobil. Ada yang getas atau pecah tidak. Kalau sudah getas atau retak bisa menimbulkan bunyi-bunyian saat melintasi jalanan yang rusak. Sokbreker Periksa apa ada kebocoran oli pada sokbreker. Rasanya juga bantinganya saat melewati jalan rusak. Dengarkan apakah ada bunyi-bunyi aneh Sistem elektronik Cek kinerja fitur elektronik di mobil. Pastikan semua bisa bekerja dengan baik dan tidak ada gangguan. Lihat apakah ada lampu indikator yang menyala. Lampu Periksa lampu depan, belakang dan foglamp. Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org • 23 Apakah ada keretakan atau kerusakan.


MOBKAS : BUYING GUIDE

TIMELINE 2007:

Nissan Motor Indonesia meluncurkan Nissan Grand Livina pada 2007. MPV ini langsung mendapat sambutan positif dari konsumen dan menjadi volume generator bagi NMI. Grand Livina dipasarkan di Indonesia dengan 7 va­rian (tipe) dengan dua pilihan mesin, yaitu 1.5L (3 tipe) dan 1.8L (4 tipe). Waktu itu rentang harganya mulai dari Rp 138,5 juta hingga Rp 203,5 juta.

2011: NMI melakukan beberapa penyegaran se­iring de­ngan berjalannya waktu. Pada 2011, mis

CAUTION

alnya, mereka mengubah gril, side body moulding, interior kelir hitam dan kelir panel speedometer yang menjadi putih.

2012: Nissan menyegarkan Grand Livina lagi dengan pemasangan bumper dan gril Autech untuk tipe XV dan Ultimate. Airbag dan seatbelt juga ditambah jumlahnya.

2013:

Grand Livina diberi major change dengan ubahan besar di bagian depan, belakang dan interior. Hadir pula Grand Livina X-Gear untuk konsumen yang mau tampilan mirip SUV.

PERHATIKAN Catalytic converter Nissan Grand Livina sudah dibekali cataylic converter dan bisa diberi bensin jenis Premium. Sehingga ada baiknya mengecek kondisi catalytic converter apakah tersumbat atau tidak. Engine mounting Grand Livina punya 4 engine mounting. Komponen ini biasanya sudah getas untuk mobil berusia 3 tahun ke atas dan perlu penggantian. Jadi periksa apakah mesin mengalami getaran berlebih atau tidak. Catatan servis Perawatan Grand Livina yang mudah membuat banyak pemilik melakukan perawatan di bengkel umum. Periksa service record mobil yang Anda incar dengan melakukan konfirmasi ke bengkel resmi bersangkutan untuk mengetahui perawatannya. AUTOBILD

Harga spare parts

Oil Filter Rp31.000 Air Filter Rp92.000 Brake Pad (depan) Rp375.000 Brake Shoe (belakang) Rp287.000 Disc Assy Clutch Rp423.000 Cover Assy Clutch Rp571.000 Clutch Release Bearing Rp301.000 Belt Fan Rp70.000 Belt Alternator R p70.000 Spark Plug Rp99.000/piece

24 • Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org

Rekomendasi

Kami merekomendasikan Grand Livina 1.5 Ultimate tahun 2012 karena untuk tahun 2012 sudah dilengkapi dua buah airbag, seatbelt di semua bangku, gril dan bumper Autech. Kelengkapannya juga sudah sangat baik, ada headrest monitor, 2-DIN head unit, jok kulit, wooden panel dan lain-lain. Selain itu harga tipe Ultimate sekarang cukup rendah sehingga memudahkan anda membelinya.


Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org • 25

*IKLAN LAYANAN MASYARAKAT


NEWS

AUTOBILD

THE NEW BMW M5

DILUNCURKAN MOBIL TERLARIS 2013

Penjualan mobil pada 2013 cukup bergairah. Penjualannya naik dari tahun 2012. Nah, mobil manakah yang paling berkontribusi dalam penjualan mobil tingkat nasional? Berikut 15 Mobil Terlaris di Indonesia pada 2013. 1. Toyota Avanza 213.458 unit 2. Kijang Innova 64.539 unit 3. Daihatsu Xenia 64.611 unit 4. Suzuki Ertiga 63.317 unit 5. Nissan Grand Livina 35.422 unit 6. Toyota Rush 35.004 unit 7. Honda Jazz 27.803 unit 8. Daihatsu Terios 25.674 unit 9. Toyota Agya 22.376 unit 10. Honda CR-V 20.385 unit 11. Daihatsu Ayla 19.141 unit 12. Honda Freed 18.595 unit 13. Toyota Fortuner 17.475 unit 14. Daihatsu Gran Max minibus 15.678 unit 15. Suzuki APV minibus 14.531 unit

26 • Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org

Dalam acara BMW Spring Festival 2014 yang berlangsung di Atrium Senayan City Jakarta mulai hari ini 28 Januari 2014 hingga 4 Februari 2014, masyarakat dapat melihat sedan mewah berkelas dengan performa tinggi yang paling sukses di dunia yaitu New BMW M5 yang sudah diluncurkan pada bulan November 2013. Kombinasi antara desain elegan dan ciri khas M yang atletis menandakan kehadiran the new BMW M5. Mesin 4,4 liter ini sanggup menghasilkan tenaga hingga 560 hp pada putaran mesin antara 6.000 – 7.000 rpm. Sementara torsi maksimum 680 Nm terjadi pada putaran mesin antara 1.500 dan 5.750 rpm. Hadir dengan performa terbaik dan disertai lebih banyak inovasi dari sebelumnya, the new BMW M5 membuktikan bahwa M masih merupakan “most powerful letter in the world.”

BMW M5 memerlukan 4,4 detik untuk melesat dari posisi diam hingga mencapai kecepatan 100 km/jam, dengan kecepatan maksimumnya dibatasi secara elektronik pada 250 km/jam.


NEWS i

SL

FORD RAYAKAN PRODUKSI PERTAMA ECOSPORT DI THAILAND

F

ord Motor Company merayakan awal resmi produksi urban SUV all-new EcoSport di fasilitas state-of-the-art Ford Thailand Manufacturing (FTM), di Rayong. FTM menjadi pabrik keempat secara global yang meproduksi all-new EcoSport, bergabung dengan fasilitas di Chennai, India, Chonqing, Cina dan Camacari, Brazil, memperkuat peran strategis

Thailand sebagai produksi volume dan pusat ekspor di wilayah ASEAN. Model buatan Thailand akan diperuntukkan untuk penjualan domestik dan ekspor ke pasar di seluruh wilayah ASEAN. All-new EcoSport pada akhirnya akan dijual di 100 pasar di seluruh dunia. “All-new EcoSport melanjutkan transformasi berbasis produk kami yang sedang berlangsung dengan menye-

diakan konsumen satu lagi kendaraan pemimpin segmen di showroom Ford yang terus bertumbuh di seluruh pasar ASEAN,” kata Matt Bradley, president, Ford ASEAN. “Diproduksi di fasilitas kami Ford Thailand Manufacturing yang sangat fleksibel, hal ini menjadi bukti selanjutnya dari strategi pertumbuhan kami yang terus berlanjut di wilayah ini,” tambahnya.

Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org • 27


NEWS

HERE WIGO!

BERITA DI HALAMAN SELANJUTNYA

28 • Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org

Karena aturan pemerintah, Toyota Astra Motor mengekspor LCGC mereka, Agya ke Filipina dengan nama Toyota Wigo.


T

oyota dan Daihatsu telah mengumumkan bahwa mereka telah mulai mengekspor Wigo dari Indonesia ke Filipina, dengan penjualan diharapkan akan dimulai pada akhir bulan. “Kami yakin bahwa konsumen Filipina akan puas dengan mobil kompak dan terjangkau ramah lingkungan ini,” kata wakil presiden eksekutif Daihatsu Tatsuya Kaneko saat seremoni ekspor untuk Wigo. “Dengan menjadi yang pertama untuk mengekspor Low Cost Green Car, kami

sangat senang untuk berkontribusi pada industri otomotif Indonesia melalui kemajuan ekspor kendaraan.” Diproduksi oleh Daihatsu anak perusahaannya di Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor, Wigo akan dijual di Filipina di bawah merek Toyota oleh Toyota Motor Philippines Corporation. Volume ekspor dari Wigo ke Filipina pada awalnya direncanakan menjadi sekitar 500 unit per bulan. Wigo disokung oleh mesin 998 cc tiga silinder berkode 1KR-FE. Unit tersebut dapat

menghasilkan 65 hp pada 6.000 rpm dan 87 Nm pada 3.600 rpm. Pada tampilan tak ada perbedaan mencolok kecuali hilangnya logo garuda, tambahan rear wiper dan lenyapnya tulisan ‘Astra Toyota’ . Dipasarkan dengan tipe E M/T, G M/T dan G A/T, Wigo bakal dijual mulai dari 448.000 PHP (Rp 118,9 juta) pada akhir Februari. Diketahui animo konsumen Filipina terhadap Wigo cukup tinggi melihat gencarnya pemberitaan tentang Wigo di sana.

idcarblog.blogspot.com Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org • 29

Gambar hanya ilustrasi.


NEWS

HONDA CITY HADIR DI THAILAND

H

onda City baru telah diluncurkan di pasar yang penting kedua, Thailand. Honda Automobile Thailand Co, telah meluncurkan sedan dengan pilihan mesin bensin saja. Mesin City untuk Thailand adalah 1.500 cc empat silinder mesin yang sama seperti model India. Namun, mesin City di Thailand dioptimalkan untuk dijalankan pada bahan bakar E85 (campuran bahan bakar ethanol). Mesin tadi menghasilkan 117 hp pada 6.000 rpm dan 146

Nm torsi pada 4.700 rpm. Pilihan transmisi termasuk gearbox manual 5-speed dan CVT plus paddle shift. Di dalam, City baru ditawarkan dengan trim beige dan hitam. Fitur keselamatan datang dalam bentuk ABS, Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist, 6 SRS airbag (dual airbag depan, airbag samping dan curtain airbags) dan kamera spion dengan tiga penyesuaian. Honda menggunakan warna biru gelap sebagai hero color.

30 • Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org

Fitur lainnya termasuk sistem hiburan layar sentuh 7 inci dengan antarmuka smartphone, sistem auto AC touchscreen, push-start ignition dan cruise control. City di Thailand tersedia dalam enam varian dengan harga mulai dari 550.000 Baht (Rp 202 juta) hingga 749.000 Baht (Rp 275 juta). City ini mungkin akan hadir di Tanah Air pada semester II 2014, apalagi mengingat suplai City di Indonesia berasal dari Thailand.


REVIEW i

MOBIL PENUMPANG TERMURAH?

D

engan harga Rp 76,5 juta on the road Jakarta, Ayla tipe D mungkin sudah ‘dinobatkan’ sebagai mobil penumpang baru termurah yang dijual resmi di Indonesia. Namun tak hanya itu perkaranya. Tentu saja ada pemotongan fitur yang dilakukan demi mencapai harga serendah itu. Di eksterior sudah jelas banyak pemotongan biaya. Misalnya bumper dan hendel pintu berwarna hitam

Bisa saja mobil ini adalah mobil penumpang termurah di Indonesia. Namun apakah ia pelit fitur? Kami akan mengupasnya disini.

tak peduli warna bodynya apa. Lalu ada pelek kaleng 13 inci, spion mungil hitam, tanpa foglamp, tanpa sash door tape dan tanpa spoiler. Sangat simpel. Di dalam lebih simpel lagi. Ada door trim rata yang dinamakan Board Door Trim, tanpa sistem audio sama sekali, jok vinyl, jendela yang diengkol, seatbelt cuma ada didepan, tanpa AC, tanpa emblem Daihatsu di setir dan masih banyak lagi. Tapi bagusnya sudah ada sunvisor,

B-Pillar Garnish dan digital fuel indicator. Rasanya seperti interior mobil tahun 90-an. Itulah mengapa Ayla tipe D ini jarang ada yang beli. Memang target Daihatsu untuk Ayla tipe D untuk menyasar perusahaan yang ingin membagikan hadiah mobil namun dengan biaya rendah. Kami membayangkan kalau nilai jual mobil ini bisa jatuh. Kenapa? Karena banyak yang ogah disodorkan Ayla ini.

Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org • 31


STORY

ISTIMEWA

TEST DRIVE,

PERLUKAH? T ujuan dealer atau pabrikan menyediakan puluhan bahkah ratusan unit test drive untuk membuat (calon) konsumen lebih tahu dan merasakan mobil tersebut. Bagaimana handlingnya, posisi mengemudinya, atau pengoprasian fiturnya. Namun (calon) konsumen seringkali merasa itu tak perlu dan merasa membeli mobil hanya perlu mengetahui teorinya saja seperti tahu harga, spesifikasi atau tampilannya saja. Padahal,

Acap kali (calon) konsumen menyepelekan test drive karena menganggap sudah tahu mobil yang akan dibeli. Apakah itu benar?

(calon) konsumen perlu juga merasakan mobil yang akan dibeli dengan test drive. Ya iyalah, beli mobil ratusan juta masa’ gak dites dulu? Karena ada juga kejadian konsumen yang baru membeli mobil dan ternyata ia merasakan kalau mobilnya tak enak dikendarai. Mau menyalahkan siapa? Tentu saja anda tidak mau hal itu terjadi pada anda kan? Tak harus jadi calon konsumen untuk test drive kok. Karena banyak orang yang malu-malu untuk test drive

32 • Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org

di dealer tanpa membeli. Itu tak jadi masalah, karena banyak pabrikan yang mengharapkan mobilnya dicoba banyak orang baik yang mau membeli ataupun tidak. Paling tidak setelah test drive mungkin ingin membeli mobil itu kapankapan. Mungkin bisa sambil menabung dan sebagainya. Iya kan? Test drive juga bisa membuat si calon konsumen atau orang yang sudah melakukan test drive merekomendasikan mobil yang dicoba


STORY

Kesempatan test drive juga dapat dimanfaatkan untuk membuktikan ketangguhan mobil. kepada kerabat yang mau membeli mobil, misalnya. Namun yang harus diperhatikan saat test drive, berkendaralah dengan aman. Jangan sampai mengetes akselerasi sebuah mobil sampai merasa bebas ngebut dan akhirnya jadi seperti test drive di sirkuit. Pernah terjadi sebuah unit test drive hancur setelah diperkenalkan di Malaysia. Selain rugi materiil, si pabrikan juga malu mobil barunya langsung hancur. Untuk menguji ketangguhan mobil, misalnya tentu jangan keterlaluan. Jangan sampai mobil test drive yang dikendarai mogok di tengah banjir 1 meter. Greget!

Kadang ada perbedaan tipe dari unit test drive dengan tipe yang anda incar. Anda harus memperhatikan itu juga. Misalnya anda ingin membeli Daihatsu Ayla D dan unit test drivenya ternyata tipe yang lebih tinggi, X. Lalu anda mencobanya dan kepincut karena sistem audionya bagus dan AC-nya dingin misalnya. Lalu tanpa tanyatanya lagi anda langsung membeli tapi tipe D. Ternyata di tipe termurah itu tak ada sistem audio maupun AC. Lucu kan? Kesimpulannya cukup singkat, test drive itu perlu dan perhatikan faktor lain ketika akan dan sedang test drive.

Unit test drive yang nabrak di Malaysia.

Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org • 33

Berkendaralah dengan aman.


ISTIMEWA

TIPS BELI MOBIL CBU DARI IU M enjamurnya gerai Importir Umum (IU) untuk kelas mobil mewah di Indonesia tidak terlepas dari meningkatnya minat masyarakat terhadap mobil Completely Built-Up (CBU). Terlebih saat ini banyak IU umum sudah menjamin pembeli dengan fasilitas servis yang tidak kalah dengan bengkel resmi dari Agen Pemegang Merek (APM) atau Distributor Resmi. Pertimbangan lain, karena

keterbatasan opsi varian mobil mewah yang di hadirkan APM, juga membuat konsumen lebih melirik IU untuk mendapatkan mobil mewah incaran. Dan demi upaya mendapat upaya kondisi yang “sebenarnya”, kami sengaja tidak menginterview sang juragan IU-nya, melainkan staf sales marketing di Viva Auto Sport, sebuah gerai IU di bilangan jalan Sultan Iskandar Muda, Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan. Berikut hasil inves-

34 • Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org

tigasi dari sebuah website yang sudah tutup :

1.

Mengingat mobil CBU merupakan mobil yang tidak di persiapkan khusus untuk pasar otomotif Indonesia, maka tidak salah jika Anda menggali informasi selengkapnya mengenai mobil tersebut. Pergunakan media internet untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai spesifikasi, fitur dan


teknologinya. Setelah itu silahkan cek ketersediaan unitnya di gerai IU yang sudah Anda pilih. “Jika unit yang diminta pembeli tidak ada, kami bisa datangkan asalkan telah terjadi kontrak kesepakatan harga antara penjual dan pembeli, estimasi waktu dan melakukan pembayaran DP 30% dari harga mobil yang disepakati,” kata Bramastya Eka, Sales Marketing Viva Auto Sport.

2.

Minta penjelasan dari penjual secara detail mengenai fitur dan teknologi yang ada pada mobil tersebut. Khususnya pada sistem navigasi. Sebab tidak semua mobil Eropa sistem navigasinya bisa digunakan dalam peta lalu lintas Indonesia. “Misalkan mobil buatan Inggris ini, dimana sistem navigasinya ada yang tidak bisa digunakan di Indonesia. Namun itu bukan masalah, mengingat sudah banyak bengkel yang bisa meng-upgrade sistem navigasi

3.

tersebut untuk bisa digunakan di Indonesia. Untuk yang satu itu bisanya pembeli kurang mempermasalahkan,” tambah Eka. Lebih baik minta harga yang mengikat. Hal ini bertujuan agar tidak ada lagi perubahan harga selama dalam proses pemesanan. Apalagi jika mobil yang dipesan harus inden 3 - 4 bulan, perubahan biaya bea masuk, biaya bongkar dan lainlain mungkin bisa berubah sewaktu-waktu. Jika harganya lebih murah tentu konsumen diuntungkan. Namun jika harga jauh lebih mahal dari harga awal tentu Anda kecewa.

4.

Perhatikan garansi. Tenggang waktu garansi dan fasilitas yang diberikan selama masa waktu garansi mungkin bisa memudahkan Anda dalam perawatan. “Kami memberikan garansi unit selama 2 tahun, selain kami juga menyiapkan pilihan asuransi untuk meng-cover mobil secara keseluruhan,” tutup Eka.

5.

Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org • 35


AUTO EXPO DIGELAR DI INDIA J

adi, buat yang belum tahu Auto Expo adalah acara pameran otomotiftahunan seperti IIMS. Walaupun lebih semarak tapi hanya digelar selama 4 hari. Disana banyak sekali mobil yang mengalami debut India maupun dunia. Mulai dari Suzuki Celerio hingga Fiat Avventura melakukan debut

dunia di Auto Expo ini. Karena jadwal Auto Expo yang mepet dengan deadline majalah ini, nantikan ulasan kami tentang mobil-mobil yang ada disana dengan sudut pandang Indonesia di edisi depan (Maret 2014). Seperti kemungkinan Suzuki Celerio jadi LCGC atau hadirnya Honda Jazz terbaru.

36 • Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org

Selain itu Auto Expo banjir mobil konsep. Ada Honda Vision Concept hingga produk lokal, Mahindra Halo. Bahkan produk Honda jebolan indonesia, Honda Mobilio juga hadir. Jadi stay tuned terus untuk menunggu edisi baru Auto+ Magazine ya!


FOLLOW TWITTER KAMI K ami memiliki akun Twitter dengan ID @ AFAutoBlog. Dengan mem-follow Twitter

kami @AFAutoBlog anda akan mendapat info tentang apa yang terjadi di dumia otomotif dan di blog kami. Anda juga

mendapat informasi tentang Auto+ Magazine edisi selanjutnya. Akun ini masih fresh dan baru.

Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org • 37


ADVERTISE HERE. CONTAC T US TO ADVER TISE

Email to andra.febrian@gmail.com


Auto+ Magazine 02/2014