Page 1


T W O T O N E

Image : vogue.ru

Image : www.thecoolhour.com

C R O C H E T

FASHION TREND 2020 R B L A Z E R

Blazer menjadi salah satu fashion item yang identik dengan gaya formal karena sering digunakan oleh wanita karier. Hal ini akhirnya membuat blazer dianggap sebagai outfit yang membuat penggunanya jadi terlihat kaku. Padahal, kamu juga bisa tampil stylish dan santai dengan fashion item satu ini. 4 • U GO GIRL! 2020

I P P E D J E A N S

Anak kuliahan juga bisa tampil edgy dengan two tone pantslho! Gak perlu ribet memakai tunik, cukup dengan memilih kemeja untuk melengkapi. Tambahkan detail unik seperti bermacam-macam patch pada bagian kemeja untuk memberi sentuhan cute.

Image : www.fashionjackson.com

Image : www.somewherelately.com

Dikutip dari Harper’s Bazaar, teknik rajutan crochet akan banyak bermunculan pada 2020. Busana rajutan ini dikemas dengan gaya yang lebih kekinian untuk menghilangkan kesan kuno.

Jeans memang selalu bisa diandalkan untuk urusan gaya yang easy yet stylish. Seiring perkembangan tren yang ada variasi model jeans juga semakin beragam. Salah satu yang paling populer adalah ripped jeans. Yup! Jeans dengan detail shredded ini kini telah jadi koleksi wajib fashionista termasuk selebriti. https://batam.tribunnews.com/


Jakarta Fashion Week 2020 : Terobosan Baru, Masalah Lama Tahun ini Jakarta Fashion Week digelar di tengah munculnya wacana global soal relevansi acara pekan mode pada zaman sekarang. Orang-orang lebih tertarik melihat unggahan busana siap pakai dari jenama yang bisa mereka simak di media sosial seperti Instagram, tanpa perlu lagi menunggu tren apa yang ditampilkan dalam panggung peragaan busana. Pada masa sekarang, kala Instagram sudah jadi medium efektif untuk menyebarkan informasi dan perusahaan retail seperti Zara, Forever 21, dan H&M mampu dengan cepat memproduksi busana serupa karya desainer yang tampil di panggung pekan mode, maka sistem tersebut tak lagi bisa sepenuhnya diandalkan. Pada 2016, desainer Tom Ford pernah memprotes hal tersebut. Tak lama setelah protes itu muncul, rumah mode Burberry, menerapkan konsep “see now buy now” dalam peragaan busana di pekan mode. Konsep tersebut memungkinkan calon pembeli bisa mendapatkan busana sesegera mungkin tanpa harus berbulan-bulan menunggu. Cara Burberry akhirnya diikuti oleh sejumlah label seperti Tom Ford dan Tommy Hilfigher. Namun, sampai hari ini, tak semua jenahttps://tirto.id/jakarta-fashion-week-2020

ma tersohor mau menerapkan konsep tersebut. “See now buy now” juga berpengaruh pada gaya rancangan busana yang menjadi lebih sederhana. “Sekarang kreativitas seolah bukan satu-satunya hal utama. Sejumlah brand memilih menonjolkan logo ketimbang mengeksplorasi desain. Mungkin hal itu dilakukan untuk memenuhi selera target pasar,” kata Michael Pondaag, fashion director Mugi Rekso Abadi Media Group (perusahaan yang menaungi publikasi majalah mode franchise seperti Harper’s Bazaar, Cosmopolitan, dan Her World). Pondaag yang sering mendatangi pekan mode di Paris, New York, Milan, dan London pun merasa bahwa kini acara pekan mode terutama New York tampak lesu. Ia merasa hanya jenama besar seperti Louis Vuitton dan Chanel yang masih punya gairah dalam menerapkan konsep seliar mungkin dalam peragaan busana. Menurut Michael, cenderung memilih cara praktis dengan mengadakan peragaan busana di gedung tua atau bekas gudang dan tidak mendekorasi ruang. Ia sendiri tak tahu pasti alasan di balik ‘lesunya’ pekan mode, tapi kondisi finansial perusahaan retail bisa jadi salah satu alasannya.

5 • U GO GIRL! 2020


Rinaldy A. Yunardi, Desainer Indonesia yang Jadi Langganan Artis Hollywood Perancang Rinaldy Yunardi tak main-main dengan sederet karya seni di bidang aksesori fashion mulai dari tiara di ujung kepala sampai sepatu sebagai alas kaki. Bukan hanya satu atau dua pesohor Tanah Air, pesohor Asia hingga Hollywood pernah merasakan tangan dingin karya pria yang belakangan sering mengenakan pakaian serba hitam itu. Penyanyi Syahrini, Melly Goeslaw, Katy Perry, Lady

Image : www.sadikingani.com

Gaga, Nicki Minaj, bintang dunia Aaron Kwok, hingga Madonna adalah sebagian selebritas yang dimaksud. Dua nama terakhir terasa lebih spesial bagi Rinaldy karena mereka adalah idolanya selama ini. Beragam penghargaan juga sudah dia raih. Salah

satu

yang

prestius

adalah

di

ajang

World Of Wearable Art (WOW) pada 2017. Dia menyabet tiga piala sekaligus dalam perhelatan itu. Dunia sudah mengakui karya pria yang sudah 23 tahun berkecimpung dalam fashion itu. Sementara di sisi lain, Rinaldy mengaku tak pernah bermimpi bisa mencetak pencapaian ini. “Saya tidak pernah memimpikan mendapatkan apresiasi seperti ini. Saya juga tidak pernah bercita-cita menjadi seorang desainer. Tetapi ini nyata. Saya bersyukur,” kata dia kepada Antara saat ditemui di kawasan Jakarta Utara pekan lama ini. Dunia aksesori dan fashion juga tak sengaja dia geluti. Awalnya hanya iseng, namun perlahan cinta itu tumbuh dan kini dia menganggap semua karya bak buah hatinya. “Sadar dengan sendirin-

ya, lama-lama tertarik, mencintai lalu terus semakin mencintai semakin berkembang. Pada akhirnya membuat happy. Inilah hidup saya, karya-karya saya adalah anak-anak saya,” ujar dia. Rinaldy tak pernah menempuh pendidikan khusus untuk bidang itu. Dia selama ini hanya belajar dari buku-buku dan orang-orang yang berkecimpung di dalam dunia fashion. Dia berjuang dari nol. Eksperimen demi eksperimen, ditambah rasa penasaran dan tanggap pada sekitar menjadi modalnya hingga kini. Dia juga beruntung memiliki teman-teman dan keluarga yang mendukungnya, termasuk perkara marketing. Biasanya, dia bekerja malam hari karena suasananya relatif lebih tenang. Lembaran-lembaran kertas dan pensil menjadi dua alat yang amat dia butuhkan saat itu. “Di manapun saya sediakan diri untuk berkarya. Saya tidak menunda. Buat saya yang penting konsentrasi. Musik pelan saja untuk menemani. Yang perlu kertas dan pensil,” kata dia. 6 • U GO GIRL! 2020

www.senggang.republika.co.id


Galeri Karya-Karya Spektakuler Rinaldy A. Yunardi Winnie Harlow Model, Winnie Harlow tampak elegan memakai headpiece di majalah Harper’s Bazaar.

Lady Gaga Headpiece unik yang digunakan Lady Gaga ini digunakan untuk pemotretan Lady Gaga Jazz & Piano Exclusif di Las Vegas.

Zoe Saldana Bintang film ‘Avatar’ dan ‘Guardians of The Galaxy’, Zoe Saldana pun sempat menggunakan mahkota Ice Queen rancangan Rinaldy A. Yunardy di pemotretannya untuk C Magazine. Mahkota ini terbuat dari logam berlapis warna emas bertabur swarovski dan zirkon

www.brilio.net

7 • U GO GIRL! 2020


Steal Her Sty Siapa yang tak kenal Billie Eilish. Penyanyi asal Amerika Serikat ini kerap menduduki peringkat atas chart musik internasional dengan lagu-lagunya yang bergenre pop dan electropop. Tak hanya disorot karena suara merdunya, remaja yang baru berusia 17 tahun ini tapi juga gaya berpakaian yang dinilai cukup unik dan nyentrik untuk millennials. Billie Eilish kerap kali tampil dengan baju oversized (kebesaran).

LOOK 1 : Oversized Sweater x Track Pants

LOOK 2 :

Printed Outfit

Nothing’s wrong with oversized sweater, and Billie Eilish seems agree with it. Dirinya kerap kali tertangkap kamera menggunakan sweater dengan aksen logo brand tertentu, gambar kartun, atau tulisan biasa. Look yang satu ini bisa dipadukan dengan track pants. Kalau kamu tidak punya, bisa pakai jogger atau cargo pants juga yang tidak kalah berkelas.

Printed is her favorite! Aksen printed seperti ini memang paling pas apabila atasan dan bawahannya sepasang gitu. Lalu, padukan deh dengan sneakers favorit! Kalau ingin memadukan atasan printed dengan bawahan berbeda juga bisa. Asalkan warna bawahannya gelap, seperti hitam atau navy.

8 • U GO GIRL! 2020


yle : Billie Eilish Kerap kali tampil dengan baju oversized tidak membuat penampilan seorang Billie Eilish weird atau odd. Tapi sebaliknya, penampilan ini membuat dirinya kelihatan stylish. Bagi yang menyukai oversized outfits untuk lengkapi gaya tomboy sehari-hari, bisa banget nih mencontek OOTD Billie Eilish.

LOOK 4 : Matching Pieces x Sneakers

LOOK 3 : Jacket x Scarf

Outfits berwarna terang juga bisa jadi pilihan. Misalnya saja putih, orange, hijau, atau biru, sama seperti yang sering dikenakan oleh Billie Eilish saat manggung atau hangout bersama teman-temannya.

Beside oversized sweater, Billie also loves printing jacket dipadukan dengan scarf sebagai head piece atau aksesoris kepala. Untuk scarf sendiri sebenarnya tidak harus di kepala, tapi juga di pergelangan tangan, leher, atau siku.

Item yang dipilih tidak harus oversized, tapi bisa juga yang ngepas di badan. Untuk warnanya sendiri, kamu bisa memadukan warna monochrome agar lebih chic.

Gaya ini 100% cocok bagi cewek yang super tomboy. Apalagi kalau dipadukan dengan sneakers dan waist bag yang sampai saat ini masih nge-trend. thread.zalora.co.id/steal-her-style-billie-eilish

9 • U GO GIRL! 2020


Tampil Klasik di Musim Hujan Coat Ini Ele Musim hujan udah mulai tiba, nih. Suka bingung gak sih, milih outfit apa yang tepat buat dipakai? Mau pakai sweater aja kok, kesannya terlihat ngebosenin. Butuh gaya baru yang berbeda agar tetap terlihat stylish meskipun udara lagi dingin. Hmmm‌

1. Coat dengan warna simpel dan dengan lengan model terompet ini, bisa kamu padukan dengan celana putih dan heel warna hitam.

2. Untuk kesan formal coat kulit bisa jadi pilhan. Pdukan dengan celana warna khaki dan heel hitam untuk terlihat kesan profesional.

10 • U GO GIRL! 2020


n, 4 Inspirasi Memakai Trench egan Banget Mungkin pakai coat bisa jadi pilihan, nih. Biar gak bingung mulai dari mana, contek 9 inspirasi memakai trench coat di bawah ini, yuk. Bisa dipakai untuk ke kantor atau pergi ke acara yang gak formal.

3. Padukan dengan short pants juga bisa banget, untuk memberikan kesan santai dan efek tinggi dan pada tubuhmu. Cocok nih buat dipakai hangout.

4. Gak cuman cocok dipakai dengan kemeja, rok model rajut juga bisa banget dipadukan dengan coat warna senada.

www.rimma.com

11 • U GO GIRL! 2020


Inspirasi

Danilla

Casual ala

OOTD

Bagi kamu yang senang menikmati musik in- lan Danilla juga tak kalah mencuri perhatian. Sesuai die lokal pasti sudah gak asing dengan sosok Da- dengan kepribadiannya yang tidak jaim dan blak-blanilla Riyadi. Wanita bersuara merdu ini dikenal kan, Danilla sering tampil dengan gaya kasual yang dari lagu-lagunya seperti Ada di Sana, Berdistrak- terkesan cuek. Intip yuk inspirasi gaya OOTD kece si, Senja di Ambang Pilu, dan masih banyak lagi. ala Danilla yang bisa jadi panutanmu berikut ini! Bukan hanya dari sisi bakat bermusiknya, penampi-

1|

2|

Tampil elegan, Danilla memadukan jumpsuit hitam tanpa lengan dengan blazer bermotif dan high heels

12 • U GO GIRL! 2020

Asymmetric dress, denim jacket, dan sepatu sneakers jadi pilihan OOTD stylish ala Danilla untuk manggung


3|

Supaya gaya kamu tak monoton, coba deh sontek style Danilla yang tampil atraktif dengan outerwear bermotif warna kuning cerah ini

4|

5|

Beda lagi kalau hangout, Danilla memilih memadukan graphic t-shirt, velvet pants hijau, dan sneakers andalannya

www.idntimes.com

Gak cuma style boyish, gaya feminin Danilla dengan dress monokrom bermotif ini bikin penampilan sang penyanyi makin anggun

13 • U GO GIRL! 2020

13 • U GO GIRL! 2020


5 Model Indonesia yang Berka

Mulai dari perhelatan fashion week sampai kampanye desainer Memiliki karier yang cemerlang tentu menjadi dambaan setiap orang, apalagi jika kiprah yang telah dilakukan bisa sampai ke luar negeri. Di tahun 1990-an, supermodel Tracy Trinita menjadi salah satu model pertama Indonesia yang berhasil mendobrak pintu internasional. Berawal sejak dirinya mendapatkan posisi ke 7 di kompetisi Elite Model Look International tahun 1995, membuat dirinya berpeluang untuk menjadi model di beberapa rumah mode ternama, seperti Yves Saint Laurent, Jean Paul Gautier, dan Kenzo. 14 • U GO GIRL! 2020

Melihat kesuksesan yang diraih oleh Tracy Trinita, membuat sederet model Indonesia termotivasi untuk menggapai mimpi mereka. Meski tidak semudah yang diharapakan, namun lewat kerja keras, lima model Indonesia ini akhirnya berhasil mewujudkan mimpi mereka untuk go international. Siapakah saja mereka?


arya di Kancah Internasional

r ternama dunia telah dijajaki oleh sederet model Indonesia.

1|Ayu Gani

4|Mariana Renata

3|Fahrani Empel

5| Nadya Hutagalung

2|Laras Sekar www.harpersbazaar.co.id

15 • U GO GIRL! 2020


Tren Sneakers Lokal Diprediksi Akan Meningkat di 2020

Sneakers merupakan bumbu dunia fashion. Tak dipungkiri ers lokal saat ini tengah kian Milenial. Salah satunya ialah

pelengkap dalam jika tren sneakHype dikalangan sepatu Compass.

Hal itu ditandai dengan sebuah kejadian beberapa minggu lalu. dimana ratusan pembeli rela mengantre demi mendapatkan sepatu Compass di halaman West Mall Grand Indonesia Jakarta Pusat. Menariknya, para calon pembeli sepatu compass rela menunggu lama sejak malam hari sebelum hari H diluncurkannya dkoleksi Compass untuk Darahku Biru, yang merupakan desain dari Pot Meets Pop dan sepatu Compass 98 Vintage desain oleh Old Blue Co. Namun berhubung antrean membludak yang tidak kondusif, panitia membubarkan antrean dan membatalkan peluncuran tersebut. Setelah itu, pihak sepatu Compass pun menyampaikan permintaaf maafnya lewat akun instagram official mereka @sepatucompass. 16 • U GO GIRL! 2020

Selain sepatu compass ada juga beberapa brand lokal yang mulai dilirik oleh para milenial, seperti halnya Ventela, NAH Project, Sage, Exodus, dan masih banyak lagi. Popularitas sneakers lokal juga tak luput dari sejumlah influencer yang selalu mendukung pergerakan sepatu lokal. Salah satunya yaitu Cipeng alias dr.Tirta. Pegiat sneakers sekaligus pendiri Shoes and Care. Seperti pantauan dari berbagai media sosialnya, dr. Tirta seakan tak kenal lelah untuk mendukung brand lokal agar namanya lebih populer dan bisa diterima dikalangan milenial. Karena hal itulah sosok dr. Tirta kini seperti dijadikan salah satu acuan informasi tren terbaru di kalangan anak muda. Berbicara popularitas local brand yang kian hype seperti sepatu compass. Menurut pengamat fashion, Marisa Tumbuan, hal itu merupakan momentum yang sangat bagus dan harus terus digaungkan.

www.merahputih.com


Brand Lokal Karya Influencer Indonesia Mendapatkan Rekor MURI Generasi milenial identik dengan generasi yang sudah melek teknologi. Makanya tak mengherankan lagi profesi Youtuber dan Selebgram menjadi incaran, apalagi bagi mereka yang berkeinginan bisa menjadi influencer sukses di Indonesia. Salah satu influencer yang mulai populer saat awal penggunaan Twitter di Indonesia adalah Arief Muhammad. Arief sering mengabadikan keromantisannya bersama sang istri Tiara melalui postingan foto ataupun vlog di Youtube.

pai disitu saja. Menyambut Hari kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia, Billionaires Project melakukan project kolaborasi dengan menggandeng illustrator terkenal yaitu Hari Prast (@harimerdeka).

Arief Muhammad saat ini tak hanya berprofesi sebagai influencer, ia juga memiliki berbagai usaha seperti Cakekinian, Mie Bangcad, Ternak Kostan, hingga mengeluarkan produk pakaian sendiri yaitu Billionaires Project.

Project kolaborasi ini dilelang berupa kaos dari Billionaires Project dengan ilustrasi gambar karya Hari Prast yang dibuka dari harga 0 rupiah dengan minimal kelipatan donasi 50.000 rupiah. Hasil uang pelelangan tersebut seluruhnya akan didonasikan untuk Yayasan Sayap Ibu Banten di Bintaro, Tangerang Selatan.

Diluncurkan 2 Maret silam, brand lokal karya Arief ini sangatlah populer. Bahkan pada setiap perilisan lini pakaian terbaru, semua produk selalu sold out. Langkah Arief bersama Billionaires Project tak sam-

Kaos yang di lelangkan merupakan produksi exclusive bertema “Make peace not drama” dengan nomor seri 74. Kaos ini mulai di lelang melalui instagram resmi @billionairesproject pada 15 Agustus 2019 dan di tutup pada 16 Agustus 2019. Arief Muhammad selaku pemilik brand lokal Billionaires Project men-share di akun social media Instagramnya, bahwa awalnya ia tak menyangka brand lokal karya anak bangsa bisa menembus harga hingga puluhan juta rupiah. Berkat bantuan netizen yang ikut mempromosikan hingga ikut mendonasi. T-shirt kolaborasi dari Billionaires Project dan Hari Prast laku terjual dengan harga 40.500.000 rupiah. Aksi pelelangan ini dicatat oleh rekor MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia) sebagai “Busana Merk Lokal Dengan Hasil Penjualan Tertinggi”. Aksi pemberian plakat dari MURI kepada Billionaires Project dilaksanaka pada 28 Agustus 2019.

www.www.tribunnews.com

17 • U GO GIRL! 2020


TIGA PARAGIDMA FASHION

Nampaknya kita hidup pada zaman fashion, kita dituntut untuk berpenampilan menarik disetiap waktu. Seiring banyaknya media sosial yang perlahan muncul lalu mendunia, hal itu memaksa manusia terutama wanita namun tak terkecuali pria menginginkan terlihat sempurna di mata orang lain. Hal yang dapat memediakan seseorang untuk berpenampilan menarik adalah salah satunya dengan fashion. Kebanyakan orang berpandangan bahwa fashion haruslah mengeluarkan biaya yang mahal. 3 paradigma orang-orang kebanyakan tentang fashion :

mpilan a n e p r e B g 1. Untuk kan Banyak Uan uh arMembut nya pada

lum has sebe a aib d h a enarik h sud m i n n i la l i a p h penam Untuk bohong. akah ber p lu la “A e g s n k a g tida tikel tent maa meman g r a H a bayar it � k l? a s h u a r ha rus m memang upgrade a k i w a h b a r b e t alasan Kualitas ak. jadikan n a g ang bany n u ja n i a p k a h t u e mbut hal. T uslah me r a h n la i penamp dan enabung m s la a a m pda hany ndiri. Se n e a s i r a i y d n r ntuk Sebena emivestasi u n i r e b n juga m k o i u t h n s a u f s i mala dustr on da fashi innya, in a la i lu r t la s e u S diri. . erti ind ar tersen ial Anda s s a n p a n n fi e uan liki segm kemamp n a g n e d uai yang ses

18 • U GO GIRL! 2020

2. Harus Me

miliki Tubuh

Ideal

Hal ini juga tidak selalu benar. Beru sebagai man ntunglah kit usia yang ti a d a k hanya dinila fisik. Kepri i d ari segi badian men jadi hal ya ya bisa men n g selanjutnjadi andalan setelah pena mpilan luar. Paradigma ini sebena rnya lebih terhadap pa berpengaruh ra wanita. S e m u a ia ini san wanita di gat mengin dung in k a n tubuh id semampai, eal dan sehingga ak a n le b ih menawan d mudah tam engan padu pil an fashion yang sesua i.


kum alam ah menjadi hu d su g an em m Karena engan ngat tertarik d sa a ri p ar as d . bahwa sifat a wanita cantik ar p an aw en m k penampilan fisi ade k malas upgr tu n u an as al a So, jangan ad memia anda tidak en ar k ya an h upenampilan lit mencari uk su a k Ji l. ea id g liki tubuh yan n para baiklah denga an m te er b , as anran yang p a akan memb ek er M r. o yl ta tukang jahit / an denvermak pakai / at u b em m gan tu untuk tuk Anda. Den n u at p te g n gan ukuran ya urangan ng tepat, kek ya n io sh fa pi. perpaduan sedikit tertutu a is b a d n A bentuk tubuh

3. Berpen am Mengikut pilan Harus Selalu i Trend Tidak sala h jika An da selalu tru itu ba mengikut gus agar A i trend, ju n d a stidak terla terlalu k lu “outda etinggala ted” atau n jaman fashion . Dengan tidak me a d anya tren njadi ha d, l yang membosa nkan. Hanya sa ja yang pe rlu Anda gan terlalu diperhatik berlebiha an adalah n janu ntuk men trend ter g a plikasikan baru pad a diri A semua membuat nda. Hal Anda terli tersebut hat terlalu akan “crowded ” atau ram ai. Anda te rkesan t idak me unik dan milki pe nampilan khas. Sela yang lu perhat gin And ik an trend a gunaka y a n. Apaka ng inakter da h sesuai n kesesu d e n gan karaian tub uh And a atau tidak.

www.kompasiana.com

19 • U GO GIRL! 2020


Profile for aurellia novia putri

U GO GIRL  

U GO GIRL  

Advertisement