Issuu on Google+

AULIA PURNAMASARI portofolio arsitektur


CURRICULUM VITAE personal Aulia Purnamasari Jember, 27 Januari 1991 Perempuan Islam Indonesia Jl. Ploso Timur 1 nomor 64 B, Surabaya 085733504627 / 2392E989 au.lia_purnamasari@yahoo.com 3,56

pendidikan

3

Jurusan Arsitektur, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

9

SMAN 5 Surabaya

6

SMPN 1 Jember

3

SD Al-Furqan Jember

pengalaman

Rumah 2 lantai di Jakarta (2012)

Student: ESA International Architect, Denpasar, Bali (2012)

latihan Community Organizer dalam rangka Pembinaan HIPPA/GHIPPA Oleh Tenaga Pendamping Petani (2011)

tive Design Joint – Studio “Revalitation of Semut Station, Surabaya”, Surabaya (2012) (Collaboration with ITB (institut Teknologi Bandung) & FHE (Fachhochschule Erfurt, Germany)

Kerja Ijin HO PT. Rotari Mas Surabaya (2013)


STUDIO PERANCANGAN ARSITEKTUR ITS surabaya


Rumah Sakit Gigi dan Mulut Jember

Jl. Hayam Wuruk, Jember


Pada perancangan Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Surabaya ini titik berat perancangan terletak pada kemampuan bangunan menyesuaikan diri dengan lingkungan (iklim) agar dapat memberi kenyamanan pada pengguna. Rancangan ini berusaha untuk mengurangi panas pada bagian dalam bangunan dan meletakkan sisi terluas bangunan pada arah utara-selatan dan juga penggunaan dinding hidup sebagai salah satiu usaha untuk mengurangi termal didalam bangunan.

PUSAT PELATIHAN SDM SURABAYA CLIMATE MODIFIER


Pasar Tunjungan memiliki lokasi yang sangat unik. Pasar ini diapit oleh 2 kawasan penting di Surabaya yaitu kawasan Tunjungan sebagaikawasan bersejarah dan Embong Malang sebagai kawasan bisnis. Rancangan ini ingin memberi relasi antar kawasan sehingga kedua kawasan tersebut dapat terhubung menjadi satu kawasan. Image merupakan hal penting dalam perancangan banginan ini, sehingga konsep bentuk bambu runcing yang menjadi simbol kota surabaya menjadi inspirasi bangunan ini. Terdapat balkon besar di area rental office yang langsung menjadi view, hal ini ditukan untuk membuat pengunjung mengingat koridor Jalan Tunjungan yang dulu menjadi trade center kota Surabaya.

REVITALISASI PASAR TUNJUNGAN SURABAYA CAPITAL INVESMENT


Stasiun Semut merupakan bangunan konservasi yang akan difungsikan kembali sebagai museum kereta api di Surabaya. Diharapkan pembaharuan stasiun ini dapat mengembalikan kejayaan stasiun ini seperti masa lalu dimana stasiun dan daerah sekitar menjadi pusat keramaian, dan museum ini menjadi Landmark kota Surabaya yang baru. Konsep utama dalam perancangan museum dengan tema “BACK FOR THE FUTURE” ini adalah bagaimana mengintegrasikan bangunan stasiun lama dengan yang baru, sehingga saya memilih untuk memberikan pengalaman yang berbeda dalam museum. Konsepnya adalah pengunjung merasakan “bermimpi” menuju ke bangunan future, kemudian “terbangun” kembali pada masa sekarang. Ketika mengunjungi future museum, pengunjung diharapkan tidak melupakan sejarah stasiun, oleh karena itu stasiun semut lama dijadikan point of view yang sangat menarik perhatian ketika pengunjung melewati bangunan tersebut.

REVITALISASI STASIUN SEMUT SURABAYA CULTURAL SYMBOL


Perspektif Bird Eye View


tampak site 01

tampak site 02

Area parkir museum.

Bangunan serbaguna yang berfungsi sebagai “museum future” KA dan cafetaria.

Area konservasai bangunan menjadi “museum past” dengan tidak merubak bentuk bangunan asli.

potongan site 01

Terdapat taman dan cafetaria sebagai area kembali ke bagian museum.

potongan site 02

Outdoor museum, menampilkan galeri museum dengan skala asli benda yang dimaperkan.


Temporary myseum

Temporary myseum

Temporary myseum

Area masuk dan keluar bangunan museum. Taman

Sirkulasi “lorong waktu” masuk kedalam bangunan temporary museum.

Dalam temporary museum dibagi menjadi 2 bagian, pada awal masuk, pengunjung hanya dapat menikmati pameran dari bagian atas, setelah kembali, pengunjung dapat masuk kedalam bangunan. Sirkulasi arah keluar bangunan.

Area keluar museum, diharapkan pengunjung mengalami “bangun kembali” setelah melewati “lorong waktu” dengan experience berbeda. Lorong waktu.

Area masuk bangunan melewati lantai mezanin kemudian masuk ke “lorong waktu” untuk menikmati pameran museum dari atas.


interior museum


Rumah sakit gigi dan mulut Jember merupakan sarana pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan gigi dan mulut perorangan. Arsitektur bangunan rumah sakit ini mengutamakan psikologi pasien sebagai masalah desain yang harus terpenuhi secara inklusif. Bangunan ini mencoba untuk mengintegrasi dengan alam, salah satunya dengan penggunaan taman dan warna sebagai solusi desain. Solusi desain inklusif pada banguan ini diciptakan dengan mendesain taman ditengah sebagai “healing garden� bagi pasien, hal ini merupakan solusi desain terhadap isu utama dalam merancang RSGM Jember. Taman yang bersih dan dinamis membantu pasien untuk bersantai dan baik untuk kesehatan. Desain inklusif yang didesain pada taman ini berarti sebuah ruang terbuka yang aman, mudah diakses, praktis dan menyenangkan untuk digunakan. Dengan demikian pasien tidak akan bosan dan stress saat memeriksa kesehatan gigi dan mulut.

RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT JEMBER INCLUSIVITY (tugas akhir)


KOMPETISI ARSITEKTUR (TEAM)


Terima Kasih portofolio arsitektur


Portofolio + CV LIA