Page 1

All About

Indomegah Architect - Institut Teknologi Bandung


All rights reserved. No part of this book may be reproduced in any form or by any means without the prior written permission of Arhitect Indomegah.


KATA PENGATAR

CONTENTS

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karenanya penulis dapat menyelesaikan pelaksanaan kerja praktek. Kerja praktek ini dilaksanakan dalam jangka waktu 1 bulan atau lebih dari 160 jam. Laporan kerja praktek ini diuat berdasarkan dengan apa yang penulis telah jalankan dalam kegiatan kerja praktek di Kantor PT. Indomegah yang bertempat di Jalan Daan Mogot Baru. Dalam proses pembuatannya, penulis mendapatkan pengalaman serta ilmu yang sangart berharga baik dalam aspek akademis, etika dan profesi. Lebih daripada itu, penulis juga banyak mendapatkan pembelajaran dari staff karyawan serta pembina PT Indomegah sehingga dapat menjadi landasan penulis untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

1 2

Penulis berharap dengan pembuatan laporan kerja praktek ini maka para permbaca dapat menambah wawasan dan referensi tentang dunia arsitek, terutama dalam tipologi bangunan hotel bintang 4 dan juga dapat menjadi dasar untuk mendesain.

3

KP TIM ITB

Hasil Survey Hotel Novotel 45 Hotel Santika 53 Hotel DoubleTree 61 Hotel Swiss-Bel 69 Hotel Harris 77 Hotel The Groove 85 Hotel Holiday Inn 93 Hotel Grand 101 Sheraton Inventaris Data 109 Rangkuman 119

5

Hasil Desain The Ocean Hotel Izze Hotel

123 135

Referensi 03

Preseden Hotel Hotel Hotel Hotel Hotel Hotel Hotel Hotel

4

Introduksi

Akmani Ananta Ize Morrissey Atlas Chrome East Oasia

11 15 19 23 27 31 35 39

01


ARCHITECT INDOMEGAH Didirikan oleh Henry Kusnadi pada tahun 2001, Indomegah adalah salah satu perusahaan arsitektur terkenal di Indonesia. Berbasis di Jakarta, Indomegah telah menghasilkan banyak karya arsitektur seperti Mall, gedung perkantoran, perumahaan, hotel, gedung pendidikan dan fasilitas mixed-use secara skala kota. Kesuksesan Indomegah dimulai dari penyelesaian Proyek Pusat Niaga Puri Agung Cengkareng dan KTC Hypermall Kelapa Gading. Banyak Developer besar seperti Gapura Prima Group Lippo Group, Summarecon Group, Agung Podomoro Group telah memberikan banyak proyek yang besar untuk dikerjakan oleh Indomegah dan karena kesempatan ini, Indomegah menjadi sukses dan terkenal. Indomegah telat dinyatakan keberadaanya sebagai salah satu konsultan arsitektur yang dihormati oleh bisnis properti di Indonesia. Indomegah terdiri dari orang-orang dari berbagai latar belakang keilmuan, untuk merancang berbagai proyek dengan keperluan berbeda, karena kualitas proyek yang dihasilkan Indomegah dapat mempengaruhi kualitas hidup dan kerja yang lebih baik bagi pengguna dan lingkungan. Indomegah dapat mempengaruhi kualitas hidup dan kerja yang lebih baik bagi pengguna dan lingkungan. Indomegah sangat berfokus terhadap “Problem Solving� yang bersifat kreatif untuk bisa berkompetisi secara standar arsitektur intersional.


LATAR BELAKANG Pembelajaran akademik dalam perguruan nggi sangatlah pen ng untuk seorang mahasiswa yang ingin menjadi arsitek. Namun, pada kenyataannya pembelajaran mahasiswa arsitektur di perguruan nggi hanyalah sebagian kecil dari dunia arsitektur yang sangat luas. Untuk dapat terjun ke dunia kerja maka seorang mahasiswa membutuhkan banyak pengalaman dalam hal keprofesian, terutama untuk melihat budaya kerja konsultan arsitek melakukan pekerjaan mereka. Dengan belajar di dunia kerja secara langsung maka diharapkan mahasiswa arsitektur sudah seharusnya banyak melakukan praktek agar dapat langsung terjun di dunia kerja dengan menerapkan teori – teori dan beberapa ilmu yang telah diajarkan dalam perguruan nggi. Program kerja praktek ini juga ditujukan untuk mela h e ka profesi dalam dunia kerja terutama di bidang konsultan arsitektur yang membutuhkan sikap professional yang nggi dalam pekerjaan. Diharapkan dengan adanya program kerja praktek ini maka para mahasiswa arsitektur dapat menjadi individu yang dapat bersikap professional dan mandiri. Program kerja praktek yang dilakukan di kantor konsultan arsitek PT. Indomegah kali ini mempunyai tema tentang hotel bintang 4. Untuk membuat desain yang eďŹ sien dan juga maksimal dalam hotel bintang 4 perlulah dilakukan riset data secara mendalam. Maka dari itu PT Indomegah membagi menjadi 8 bagian pen ng untuk diriset yaitu akses entrance, detail arsitektur, parkir, koridor, unit, fasilitas, lobby utama & li serta area penunjang terhadap 8 hotel bintang 4 yang berada di wilayah DKI Jakarta sampai Tangerang. Hal ini dilaksanakan untuk menentukan eďŹ siensi dari sebuah hotel bintang 4, memaksimalkan keuntungan owner, memaksimalkan desain lessing space, dan masih banyak lagi.

TUJUAN DAN MANFAAT Tujuan dan manfaat dari dilaksanakannya program kerja praktek adalah untuk menambah wawasan mahasiswa dalam bidang arsitektur, adapun yang bisa dipelajari saat bekerja di PT. Indomegah adalah sebagai berikut : 1.Penulis dapat mengetahui proses desain dengan menggunakan riset-riset untuk menjadi dasar dari sebuah desain. 2.Riset yang dilakukan bermanfaat untuk kita sebagai seorang perancang untuk bisa merancang dengan menggunakan angka-angka yang tepat berdasarkkan studi yang telah dilakukan. 3.Melakukan proses desain secara professional dari proses awal sampai tahap skema k dengan TOR (term of reference) dari projek asli itu sendiri. 4.Belajar membuat booklet dengan menggunakan ilmu analisa yang baik dan dengan kemampuan graďŹ s yang dapat dipahami 5.Menambah wawasan dari referensi yang digunakan dan juga dari semua sta dan karyawan (terutama pembimbing) yang bekerja di PT. Indomegah sendiri.


Presentasi final

Presentasi

Tahap 7

Tahap 6

Desain Tahap Konsep Tahap Perancangan Tahap Rendering Laporan Pembuatan laporan KP

Rencana Presentasi analisa data Presentasi final

Pembuatan dra presentasi Pembuatan finishing presentasi

Finishing Pendahuluan Finishing Studi Preseden Finishing Analisis Hasil Survey Finishing Rekap Akhir dan Kesimpulan Finishing FINAL

Dra Pendahuluan Dra Studi Preseden Dra Analisis Hasil Survey Dra Rekap Akhir dan Kesimpulan Sharing TPAK (TIm Penasihat Arsitektur Kota) Analisa Studio content analisa presentasi resume survey

pembuatan laporan survey

Novotel Tangerang San ka Premiere Ice BSD Doubletree Diponegoro Swissbel - Inn Simatupang Harris Suite FX Sudirman Aston The Grove Holiday Inn Kemayoran Grand Sheraton Gancit

4 Hotel Survey I 4 Hotel Survey II Operator Management Studi referensi laporan + Isi konten laporan 4 Hotel Preseden Dalam Negeri 4 Hotel Preseden Luar Negeri Studi Template Booklet Survey pembentukan m survey rencana dan jadwal survey (kp + im) pembuatan form survey Survey

Tahap 5

Tahap 3 Tahap 4

Tahap 2

Brief awal KP Studi referensi

2016 Desember RAB KAM JUM 21 22 23

MIN 1

SEN 2

SEL 3

RAB 4

KAM 5

JUM 6

SAB 7

MIN 8

SEN 9

SEL 10

RAB 11

KAM 12

Januari JUM SAB 13 14

2017 MIN 15

SEN 16

SEL 17

Tempat : PT. Indomegah Cipta Bangun Citra Periode : 21 Desember 2016 - 25 Januari 2017 Waktu kerja : Senin - Jumat, pukul 08.30 - 17.30

Tahap 1

Ak vitas

Nama mahasiswa kerja praktek : 1. Erdiani Marcelini Erwandi 2. Victorina Arif 3. Arif Satya Wirawan 4. Albert Gianta Margono

No.

Proses yang dilakukan : 1. Studi referensi 2. Survey lapangan 3. Analisa studio atau analisa data 4. Proses design 5. Pembuatan laporan KP 6. Presentasi 7. Design support KERJA PRAKTEK INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG ARCHITECT INDOMEGAH

TIME FRAME

RAB 18

KAM 19

JUM 20

SAB 21

MIN 22

TEMPAT, WAKTU, DAN PROSES DILAKUKAN SEN 23

SEL 24

RAB 25

KAM 26


Dalam waktu yang lebih singkat dari tim lain, Tim ITB mampu memberikan hasil yang maksimal. Untuk kedepan diharapkan dapat mengaplikasikan tujuh langkah proses desain dari studi literatur, survey, desain sampai mempersiapkan presentasi yang baik sehingga mampu diterima oleh masyarakat dan dunia. Selalu ingat, dalam mendesain bangunan komersial yang baik butuh riset. Semoga berjaya dalam dunia arsitektur.

Tema penelitian dan proses desain yang diambil periode ini adalah mengenai hotel bintang 4. Melalui beberapa tahapan Desain seperti survey hotel, analisa hasil survey, pembelajaran Peraturan khusunya TPAK sampai dengan proses desain hotel bintang 4. Proses 160 jam yang sudah dihasilkan oleh tim Kerja praktik dari ITB cukup baik & menghasilkan output yang dapat menjadi referensi dalam mendesain hotel. Kami cukup apriciate dengan kinerja & semangat yang dihasilkan, semoga tetap semangat dalam berkarya dan nantinya dapat berperan dalam dunia arsitektur di indonesia.

Edit rial Erdiani Marcelini Erwandi

Victorina Arif

Arif Satya Wirawan

Albert Gianta Margono

Arsitektur ITB 2013 erdiani.erwandi@gmail.com “Work Smart, Keep Spirit !”

Arsitektur ITB 2013 vhinaarif95@gmail.com “Life is lived through perspective”

Arsitektur ITB 2014 albertgm07@gmail.com “Hardwork will never betray you”

Pengalaman saya magang kurang dari satu bulan, telah membuka wawasan dan minat saya ke dalam bidang properti. Lingkungan kerja yang ramah telah memicu saya untuk semakin belajar dan begitu banyak ilmu yang saya dapatkan dalam program ini.

Kurang lebih satu bulan magang di I n d o m e g a h m e r u p a k a n pengalaman yang sangat berharga. Lingkungan kerja yang nyaman, teman-teman baru yang baik serta kakak-kakak pembimbing yang menginspirasi tidak akan terlupakan.

Arsitektur ITB 2013 arifsatyawirawan@gmail.com “Whoever do things earnestly they surely will succeed” B a n y a k pembelajaran yang saya dapat ketika m a g a n g d i Indomegah selama satu bulan ini, mulai dari pengalaman bekerja di konsultan a r s i t e k t u r, t e k n i k presentasi, hingga etika-etika yang harus dipegang di dunia kerja nanti.

Selama saya magang di Indomegah, saya mempelajari banyak hal tentang profesi arsitek, dimulai dari alur kerja, sampai kepada scope peran arsitek dalam sebuah proyek. Merupakan suatu kesempatan yang sangat berharga dapat bertemu dan bekerja sama dengan arsitek Indomegah.


He who seeks truth shall find beauty. He who seeks beauty shall find vanity. He who seeks order shall find gratification. He who seeks gratification shall be disappointed. Moshe Safdie.

Referensi


DEFINISI Hotel adalah suatu jenis penyediaan akomodasi berbayar dengan jangka waktu pendek yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk meyediakan jasa pelayanan penginapan, makanan dan minuman serta jasa lainnya untuk umum, yang dikelola secara komersial serta memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam keputusan pemerintah.

SEJARAH Menurut Drs. Oka A.A. Yo e t i , s e j a r a h perhotelan sebenarnya sudah dimulai semenjak M a r i a m d a n Yu s u f membutuhkan tempat menginap sewaktu Mariam akan melahirkan Nabi Isa, hal ini sejalan dengan peradaban manusia yang selalu memerlukan tempat untuk berlindung sementara terhadap cuaca panas dan dingin dalam melakukan kegiatan perjalanan.

S e d a n g k a n d i I n d o n e s i a , perkembangan hotel dimulai sejak zaman penjajahan Belanda. Belanda membangun beberapa hotel di berbagai daerah di Indonersia seperti Hotel Der Nederlanden, Hotel Royal, Hotel Des Indes dan Hotel Rijswijk (Jakarta), Slier Hotel (Solo), Palace Hotel (Malang), dan Grand Hotel (Jogjakarta).

Pada tahun 1962, Presiden Soekarno mendirikan hotel berbintang pertama di Indonesia yaitu Hotel Indonesia. Hotel bintang 5 tersbeut menjadi landmark bersejarah bagi bangsa Indonesia.

Setelah periode pemerintahan Orde Baru, pembangunan dan kehadiran hotel di Indonesia jauh dan sangat berkembang pesat. Terutama setelah masuknya beberapa chains ‘management’ hotel international yang banyak merambah ke kota-kota besar di Indonesia. Sejalan dengan berkembangnya hotel di indonesia ,wajah arsitektur hotel di Indonesia pun sangat berkembang dan inovative.

UNSUR TIPIKAL

Back of the House : laundry facilities House keeping food & Beverage mechanical space employee’s facilities

Front of the House : Guest Registration Advance reservation Mail & keys Cashiers Administration office : front desk, accounting office,executive office,sales dan catering office Restaurant facilities Lobbies

Elevators Guest floor corridors Guest rooms Guest floor service space Banqueting facilities/ function rooms Concession area Retails Parking Garage Recreation

K L A S I F K A S I Klasifikasi Hotel berdasarkan Lokasi : Resort hotels, hotel yang berada di daerah r e k r e a s i a t a u peristirahatan Mountain hotels, hotel yang berada di pegunungan Beach hotels, hotel yang berada di pantai City hotels, hotel yang berada di tengah kota Highway hotel, hotel yang berada di jalur highway

Klasifikasi Hotel berdasarkan Lamanya Menginap : Transient hotels yaitu hotel dengan lama tinggal tamu rata-rata semalam. Semi resident hotels, yaitu hotel dengan lama tinggal tamu lebih dari satu hari tetapi tetap dalam jangka waktu pendek, berkisar dua minggu hingga satu bulan. Resident hotels, yaitu hotel dengan lama tinggal tamu cukup lama, berkisar paling sedikit satu bulan.

Klasifikasi Hotel berdasarkan Jenis Pengunjung Family hotels, hotel untuk tamu yang menginap bersama keluarga. Business hotels, hotel untuk pengusaha. Tourist hotels, hotel untuk tamu yang menginap berupa wisatawan, baik domestik maupun luar negeri. Transit hotels, hotel untuk tamu yang singgah dalam waktu singkat. Cure hotels, hotel untuk tamu yang menginap d a l a m p r o s e s pengobatan atau penyembuhan penyakit

Klasifikasi hotel berdasarkan fungsi dan susunan organisasi : Residental hotels, m e n y e d i a k a n akomodasi untuk para pengunjung dalam jangka waktu yang agak lama, tetapi tidak bermaksud tinggal menetap. Tr a n s i t h o t e l s a t a u commersial hotels, m e n y e d i a k a n akomodasi dan fasilitas lainnya bagi pengunjung yang mengadakan perjalanan dalam jangka waktu relatif singkat. Umumnya terletak di kota-kota besar dan lokasinya berada di dekat stasiun atau transportasi terminal. Resort hotels, m e n a m p u n g pengunjung yang sedang mengadakan liburan. Umumnya terletak di daerah peristirahatan atau tempat yang mempunyai a l a m a t a u pemandangan yang indah.

Klasifikasi Hotel berdasarkan Sistem Operasional : Franchised operation system Reveral operation system Chain hotel operating system

Klasifikasi Hotel berdasarkan Plan Europen plan hotel, pengunjung hanya membayar tarif kamar saja. Continental plan hotel, tarif kamar termasuk tarif makan pagi Modifed American plan hotel, tarif kamar termasuk tarif 2 kali makan (jam dapat dipilih) Full American plan hotels, tarif kamar termasuk 3 kali makan.

Klasifikasi Hotel berdasarkan kegiatan tamu selama menginap : Sport Hotel, yaitu hotel yang berada pada kompleks kegiatan olahraga. Ski Hotel, yaitu hotel yang menyediakan area bermain ski. Conference Hotel, yaitu hotel yang menyediakan fasilitas lengkap untuk konferensi. Convention Hotel, yaitu hotel sebagai bagian dari komplek kegiatan konvensi. Pilgrim Hotel, yaitu hotel yang sebagian tempatnya berfungsi sebagai fasilitas ibadah. Casino Hotel, yaitu hotel yang sebagian tempatnya berfungsi untuk kegiatan berjudi.


W O R L D L E A D I N G H O T E L S

Berikut ini akan dipaparkan 10 perusahaan managemen hotel terbesar di dunia mernurut listsurge.com : 1. IHG - Intercontinental Hotels Group Properti hotel IHG tersebar lebih di 100 negara dengan rincian 4840 properti dengan 686873 kamar mewah. IHG pertama kali dibentuk pada tahun 1777 sebagai pioner industri kepariwisataan pertama di dunia. 2. Wyndham Hotel Groups Hotel yang tersebar lebih dari 66 negara di 6 benua, Wyndham Hotel Groups dibentuk pada tahun 1981 di Dallas, Texas, US. Dua hotel dari hotel-hotel milik Wyndham, Knights Inn dan Travelodge adalah hotel tersibuk dengan kemudah akses dan daya beli. 3. Choice Hotels International Dengan kepemilikan properti sebanyak 6379 properti yang tersebar di 30 negara. Terbentuk pada tahun 1972 di Maryland, US. Menawarkan pelayanan mewah dengan suasan seperti di rumah sendiri.

5. Hilton Worldwide Memiliki 4525 hotel dengan 745047 kamar di 97 negara. Hilton Worldwide terbentuk pada tahun 1919 oleh Conrad N. Hilton dan saat ini dipimpin oleh Christopher J. Nassetta sebagai CEO. Pada tahun 2012, perusahaan ini terpilih sebagai Happiest Companies di Amerika. 6. Jiang Jiang International Memiliki 2208 hotel yang tersebar di seluruh dunia, memimpin sebagai perusahaan hotel terbesar di Cina. Perusahaan ini pertama kali dibentuk sebagai industri pariwisata dengan nama Shanghai Jiang Jiang Tours Co. Ltd. atau dikenal sebagai Jingjiang Travel. 7. Four Seasons Hotels and Resort Dengan kepemilikan hotel lebih dari 100 properti yang tersebar di 40 negara. Four Seasons Hotels and Resort seringkali terpilih sebagai perusahaan hotel terbesar oleh Travel+Leisure Magazine dan menjadi salah satu Top 100 Best Companies to Work For oleh Fortune sejak 1988.

4. Mariott International Kepemilikan hotel lebih dari 4117 properti di 72 negara. Secara perlahan namun pasti, Marriot International menaiki posisi 5 besar perusahaan hotel dunia. Saat ini kantor pusat berlokasi di Washington DC.

4. Swiss Bel-Hotels Merupakan operator hotel internasional yang berkantor pusat di Hong Kong. Perusahaan ini memiliki kamar sebanyak kurang lebih 4,200 kamar. 5. Starwood Hotels and Resorts Operator hotel internasional ini memiliki inventori kamar sebanyak 2700 kamar di Indonesia. 6. Tauzia Hotel Management Telah berdiri kurang dari 10 tahun, namun pertumbuhan yang pesat membuat perusahaan ini menjadi te rke n a l d i In d o n e si a . D e n g a n inventori kamar sebanyak 2319 kamar. 7. Sahid Hotel Network 8. IHG 9. Hyatt 10. Aryadutta Hotel Group

8. Accor Dengan jaringan hotel sebanyak 3717 di dunia. Terbentuk pada tahun 1967 di Prancis dan saat ini berkantor pusat di Paris. 9. Starwood Hotels and Resorts Dengan nama hotel seperti Le Meridien, Westin, Aloft, Element, The Luxury Collection, Starwood Hotels and Resorts menjadi salah satu perusahaan hotel besar di dunia. 10. Best Western International Perusahaan ini dikenal sebagai salah satu perusahaan hotel dengan pertumbuhan tercepat di Timur Tengah dan Asia. Memiliki properti hotel grand dan mewah sebanyak 3900 di seluruh dunia, perusahaan hotel yang dibangun pada 1946 ini mendapatkan pemasukan sebesar 206 juta Dolar US setiap tahunnya.

Pertumbuhan kuat GDP Indonesia meningkatkan pertumbuhan pariwisata begitu juga industri perhotelan di Indonesia. Berikut ini akan diuraikan 10 perusahaan hotel domestik maupun internasional yang sedang mencapai puncak pertumbuhan di Indonesia menurut hotelier-indonesia.com : 1. Accor Perusahaan hotel asal Prancis yang memiliki jumlah inventaris kamar sebanyak 10,837 di Indonesia, mengalahkan perusahaan hotel domestik terbesar di Indonesia yaitu Aston Internasional. Sebagai salah satu operator hotel terbesar di Asia PasiďŹ k, Accor memiliki 51 hotel di Indonesia. 2. Aston Internasional Perusahaan manajemen hotel domestik yang dibentuk pada tahun1997 ini memiliki inventari kamar s e b a n y a k 6 , 0 8 7 k a m a r. A s t o n Internasional menawar total 12 brand untuk semua kalangan pasar. 3. Santika Indonesia Hotels and Resorts Memiliki inventori kamar sebanyak 5 , 6 5 3 k a m a r, d e n g a n h o t e l pertamanya adalah Hotel Santika Bandung hingga berkembang ke seluruh wilayah Indonesia.

I N D O N E S I A L E A D I N G H O T E L G R O U P S

Marriot Internasional, Inc. merupakan perusahaan hotel internasional dengan 6000 properti hotel yang tersebar di 120 negara. Pendapatan Marriot diperkirakan sebesar 14 miliar Dolar US pada tahun 2015. Didirikan oleh J. Williard dan Alive Marriott lalu dilanjutkan oleh kepemimpinan keluarga Marriot selama 90 tahun. Perusahaan ini berkantor pusat di Bethesda, Maryland, USA.

Hilton Worldwide merupakan perusahaan perhotelan dengan lebih dari 4700 hotel, resort, dan properti dengan jumlah kamar sebanyak 775,000 kamar yang tersebar di 104 negara di dunia. Perusahaan ini telah berusia lebih dari 100 tahun. Pada awalnya dibangun oleh Conrad N. Hilton dimulai dengan 40 kamar di kota kecil Texas pada tahun 1919.

Accor Hotels merupakan perusahaan perhotelan yang memiliki 240000 hotel yang berlokasi di 4100 daerah berbeda. Sebagai operator dan franchisor (HotelServices), memiliki 20 brand hotel yag tersebar di seluruh dunia.


TAUZIA Hotel Management dibangun pada tahun 2001, memulai karir sebagai Servis Konsultan untuk mendukung Accor khusus representatif untuk Indonesia pada tahun 2001 - 2006. Pada tahun 2002, perusahaan ini membangun hotel sendiri. Selain manajemen servis hotel, TAUZIA menyediakan jasa Manajemen Estate dan Konsultan. Berkantor pusat dii Jakarta Pusat.

InterContinental Hotels dibangun pada 4 April 1946 dan membuka hotel pertamanya di Belem Brazil. IHG memiliki hotel yang menyediakan lebih dari 744000 kamar secara global dengan jumlah pengunjung sebanyak 150 tiap tahunnya.

Archipelago Internasional merupakan salah satu dari perusahaan penyedia hiburan dan omod si di ndonesi dan Malaysia yang saat ini telah berkembang ke seluruh Asia. Memiliki 100 properti di bawah 7 brand.

Swiss-Belhotel Internasional saat ini memiliki lebih dair 135 hotel yang tersebar di China, Vietnam, Philipines, Malaysia, , Indonesia, Thailand, Australia, New Zealand, Georgia, Bahrain, Iraq, Oman, Qatar, Saudi Arabia, dan United Arab Emirates. Terpilih sebagai Indonesia’s Leading Global Hotel Chain selama 6 tahun dan sebagai 4-Star Hotel. Perusahaan ini menyediakan pengembangan pada menajemen servis pada hotel, resort, dan perumahan.

Santika Indonesia Hotels & Resorts didirikan pada tahun 1981 dan di bawah pengelolaan PT Grahawita Santika. Perusahaan hotel ini menyediakan pelayanan yang kental dengan keramahtamahan khas Indonesia.


As an artist, what do you think the biggest mistake you can make is? My vote for the biggest mistake is being araid of making mistakes. Richard Rogers.

Studi Preseden


0X

Hotel Ananta

TENTANG HOTEL

ANANTA HOTEL

Ananta Hotel yang berada di Legian, Bali ini berhasil menerapkan ornamen-ornamen Bali pada desainnya. Bangunan ini terletak pada lahan yang cukup sempit sehingga sistem sirkulasi yang digunakan berupa single loaded. Lobby hotel ini didesain dengan sangat menarik, selubungnya terdiri dari dua lapisan berupa kaca pada bagian dalam dan ukiran-ukiran Bali pada bagian luarnya. Lobby yang berbentuk piramida dengan puncak yang tumpul ini menjadi sebuah lentera yang cantik pada malam hari. Kolam renang berada tepat pada bagian tengah lahan, menyambut pengunjung yang datang dengan refleksi dari ambience hotel ini.

“Balinese Glass Handicraft - Floral Balinese Traditional Ornament�

JENIS KAMAR Total : 175 kamar DELUXE ROOM 22 sqm IDR 1.265.000

IZZE HOTEL Operator Lokasi Arsitek Area Tahun Projek

PT Real Estate Perdana Legian, Kuta, Bali Airmas Asri 3133 sqm 2012

DELUXE PLUS 22 sqm IDR 1.430.000 (Berada pada GF sehingga mudah mengakses kolam renang)

DELUXE POOL ACCESS ROOM 22 sqm IDR 1.650.000 (Memiliki akses langsung ke kolam renang)

JUNIOR SUITES 44 sqm IDR 2.150.000 (special nya apa)


0X

0X

Hotel Ananta

Hotel Ananta

Basement

Lobby Pool

Sky Restaurant

Fa s il i ta s - fa s il i ta s yan g terdapat pada Ananta Hotel ini yaitu swimming pool, kids pool, restoran, coffee shop, meeting room, dan pool bar.

Fasad hotel yang mengh adap ke kolam renang didesain m e n g g un a k a n ra n g k a rangka ba ja yang ditutupi dengan tanaman rambat, mengurangi kesan masif yang ditimbulkan dinding hotel.


0X

Hotel Akmani

TENTANG HOTEL

AKMANI HOTEL

Muncul dengan ide untuk menghubungkan jalan legian dan jalan Banesari yang ramai dengan suasana jalur yang lebih tenteram dan atraktif. Hotel ini menyuguhkan berbagai event dan desain yang atraktif pada core jalan penghubung tersebut sehingga dapat mengundang pengunjung untuk mengintip sehingga menjadi daya tarik wisatawan untuk menginap di hotel tersebut. Fasilitas berupa rooftop garden yang memberi view menghadap pantai serta menjadi bentuk tanggung jawab pihak hotel sebagai pengganti terhadap lahan hijau yang telah didirikan massa bangunan.

“Penggunaan material lokal pada hotel ini untuk mempromosikan budaya lokal dan sebagai upaya preservasi lingkungan dan budaya lokal.

JENIS KAMAR Total : xx kamar Harga : IDR 500.000 - IDR 2.000.000

IZZE HOTEL Operator Lokasi Arsitek Area Tahun Projek

Akmani Legian Legian, Kuta, Bali TWS Partners 3165 sqm 2012

CLASSIC ROOM xx sqm IDR 4.100.000

GRAND DELUXE POOL xx sqm IDR 5.000.000

(Standard Room)

(Kamar yang memiliki akses langsung ke kolam renang )

GRAND DELUXE xx sqm IDR 5.000.000

SUITES xx sqm IDR 8.800.000

(memiliki suasana alam dan bukaan yang lebar pada kamar)

(Luas kamar yang luas dengan fasilitas yang lengkap)


0X

0X

Hotel Akmani

Hotel Akmani

Rooftop garden Unit kamar Core jalan Jalan setapak penghubung Rooftop garden

Fasilitas Hotel Ÿ Ÿ Ÿ Ÿ Ÿ Ÿ Ÿ Ÿ Ÿ Ÿ Ÿ Ÿ

Receptionist dan room service 24 jam Roof Top Garden Wi-Fi connection Laundry & Dry Cleaning Swimming pool Restaurant Gym Meeting rooms Kids Club Business Center Basement Parking space Tour Desk Information

Penggunaan materia l loka l seperti kerawang menunjukan preservasi budaya yang kental pada hotel ini. Pemakaian material ramah lingkungan serta rooftop garden merupakan bentuk tanggung jawab terhadap lingkungan.


0X

Hotel Ize

TENTANG HOTEL

MORRISSEY HOTEL

Rancangan bangunan Morrissey Hotel ini berupa tiga massa yang berbeda dengan fungsi yang berbeda pula. Hotel ini didesain seperti itu karena merespon bentuk tapaknya yang tidak beraturan sehingga pemecahan massa merupakan solusi yang tepat untuk tapak tersebut. Tampilan hotel ini didominasi warna putih dengan kesan modern yang cukup kuat. Selain fungsi yang berbeda, ketiga massa pada hotel ini pun memiliki fasad dengan rasio bukaan yang berbeda-beda.

“Different facade, one theme�

JENIS KAMAR Total : 135 kamar

Studio

The Loft

Studio 29 sqm IDR 1,200,000

The Loft 48 sqm IDR 2,010,000 (2 lantai)

Studio Luxe

Studio Luxe 36 sqm IDR 1,400,000

The Apartment 88 sqm IDR 3,640,000

(lebih luas dari tipe studio)

(2 kamar tidur)

The Loft

City Luxe 50 sqm IDR 2,340,000

Operator Lokasi Arsitek Area Tahun Projek

Morrissey Hotel Jakarta, Indonesia Aboday 12000 sqm 20xx

(memiliki ruang tamu)

City Luxe

The Apartment


0X

0X

Hotel Ize

Hotel Ize

Parkir Unit Hotel Lobby Residence Lounge Unit Hotel

Fasilitas-fasilitas standar h ote l b i n tan g 4 d a p a t d i te m u kan d i h ote l i n i seperti Fitness Corner, Swimming Pool, Resident’s Lounge, dan Business Center.

Uniknya, Morrissey Hotel menyediakan sepeda dan Ed (sejenis ba ja j) yang d a p a t d i g un a k a n o l e h penghuni.


0X

Hotel Ize

TENTANG HOTEL

IZE HOTEL

Hotel Ize adalah hotel bintang empat yang berada di Jalan Kerobokan, Seminyak yang merupakan salah satu pusat keramaian di Bali. Terkait dengan fungsinya sebagai hotel yang membutuhkan privasi, area depan digunakan untuk tempat umum seper restoran. Sementara pintu masuk hotel terletak di daerah belakang, jauh dari jalan yang sibuk. Hotel ini memiliki area tapak yang sempit, sehingga pen ng untuk memaksimalkan ruang ver kal. Void pada area lobby hotel se nggi 2 lantai sehingga se ap ruang memiliki pengalaman yang berbeda. Sedangkan penutup pintu masuk didominasi dengan bentuk segi ga dan warna biru yang menjadi mo f utama dan bentuk untuk seluruh bangunan

Fasilitas Hotel

Service

Tangga Kebakaran

“To create a different and contemporary experience: a hip urban hotel in Bali�

JENIS KAMAR Total : 81 kamar

Club Suite

Club Room

DELUXE ROOM 40 sqm IDR 1.250.000

CLUB ROOM 40 sqm IDR 1.700.000

twin/double bed

berlokasi di lantai 7 mendapatkan IZE Club Previlleges view dari balkon akses langsung ke roo op pool dan bar

DELUXE POOL 40 sqm IDR 1.900.000 Deluxe Room

Operator Lokasi Arsitek Area Tahun Projek

Ize Hotel Seminyak, Bali Studio Tonton 4832.2 sqm 2012

Deluxe Jacuzzi/Pool

berlokasi di Ground Floor private akses menuju kolam renang IZE

CLUB SUITE 80 sqm IDR 2.500.000

DELUXE JACUZZI 40 sqm IDR 1.500.000

berlokasi di lantai 7 mendapatkan IZE Club Previlleges akses langsung ke roo op pool dan bar king size double bed view dari balkon yang luas

jacuzzi dalam kamar


0X

0X

Hotel Ize

Hotel Ize

Pool Bar Kolam Renang

Unit Kamar

Business Center Entrance Lobby Restoran

Gym BOH Kolam Renang Shaft Lift

Hotel ini memiliki fasilitas: - Gym/Fitness Center - Perpustakaan - Roo op Pool - Kolam renang - Restaurant - Spa dan Wellness Center Fa s i l i ta s te rs e b u t d i s e b a r p a d a beberapa lantai.

Kamar hotel disusun dengan ko n s e p s i n g l e - l o a d e d . H a l i n i memungkinkan udara terbuka dan cahaya alami menembus ke koridor di luar kamar. Bukaan ditutup dengan panel kayu dengan segi ga mo f. Panel-panel tersebut menciptakan efek shadding ar s k dan berbeda se ap jam di koridor. Cahaya alami juga diperbolehkan di kamar mandi kamar hotel. Ini berasal dari 'lightwell' yang merupakan kekosongan di belakang area kamar mandi untuk sirkulasi udara alami dan cahaya.


0X

Hotel Atlas

TENTANG HOTEL

ATLAS HOTEL

Atlas Hotel yang berlokasi di Hoi An, Vietnam ini terletak pada sebuah tapak yang sangat unik. Tapak yang kecil, berada di tengah-tengah permukiman dan memiliki tiga frontage berhasil ditanggapi dengan baik oleh arsitek. Hotel ini memiliki sistem sirkulasi single-loaded dengan tiga ujung yang masing-masing memiliki pemandangan yang berbeda-beda. Selain pemandangan yang berbeda-beda, penggunaan tanaman yang cukup eksesif dan penggunaan material-material alam menjadi daya tarik tersendiri dari hotel ini.

“Living Inside the Nature�

JENIS KAMAR Total : 48 kamar

Superior City

Superior City 49 sqm Connecting City IDR 560,000-700,000 (Lebih luas dari Deluxe Room)

Deluxe City 35 sqm IDR 600,000-750,000 Deluxe

Operator Lokasi Arsitek Area Tahun Projek

Atlas Hotel Hoi An, Vietnam Vo Trong Nghia 3115 sqm 2016

Suite Pool or Garden 70 sqm IDR 800,0001,000,000 (Terdapat Living Room)

Connecting City 35 sqm IDR 1,050,0001,300,000

(Mendapat pemandangan ke kota) Deluxe (Mendapat pemandangan ke kota)

Deluxe Pool & Garden 35 sqm IDR 700,000-870,000

Atlas River-Town 35 sqm IDR 1,200,0001,830,000

(Mendapat pemandangan ke Swimming Pool dan Garden) (Mendapat pemandangan ke sungai dan kekota)

Suite

Atlas River-Town


0X

Hotel Atlas

0X

Hotel Atlas

Fa s il i ta s - fa s il i ta s yan g terdapat pada Atlas Hotel ini yaitu Swimming Pool, Spa, Botanic Restaurant, Euphria Bar & Cafe, serta Eco Roof Bar.

Material-material alami menjadi unsur yang membentuk karakter hotel ini. Penggunaan tanaman yang sangat banyak turut m e m p e r k u a t k a r a k te r tersebut.


0X

Hotel East

TENTANG HOTEL

EAST HOTEL

Hotel East merupakan hotel bisnis yang terletak di lingkungan komersial di Hong Kong. Nama “TIMUR” dihasilkan dari konsep desain yang menafsirkan/pengalaman perjalanan kontemporer Oriental Hong Kong sebagai kelas dunia, efisien, modern, playful dengan sentuhan budaya China. Terdapat dua fitur utama pada lobi yang berlaku sebagai Yin dan Yang. Ketenangan dapat dirasakan pada meja resepsionis sepanjang 35 berbentuk kan lever dan ditopang oleh satu kolom. Sebaliknya, tangga utama terbuat dari kaca dengan labirin baja dan kayu sebagai pendukung strukturalnya melambangkan energi Hong Kong.

Fasilitas Hotel

Service

Tangga Kebakaran

“ interprets the contemporary Oriental/Hong Kong travel experience as being world class, efficient, modern, playful, with a touch of Chinese culture.”

JENIS KAMAR Total : 339 kamar

Urban View

Urban Corner

IZZE HOTEL Harbour Corner

Operator Lokasi Arsitek Area Tahun Projek

Swire Properties Quarry Bay, Hong Kong Cl3 17000 sqm 2010

URBAN VIEW xx sqm IDR 4.100.000

HARBOUR CORNER xx sqm IDR 5.000.000

(special nya apa)

(special nya apa)

HARBOUR VIEW xx sqm IDR 5.000.000

SUITES xx sqm IDR 8.800.000

(special nya apa)

(special nya apa)

Suites

URBAN CORNER xx sqm IDR 4.500.00 (special nya apa)

Harbour Corner


0X

Hotel East

0X

Hotel East

Fasilitas yang disediakan: - Roo op Bar - Restaurant - Gym/Fitness Center - Kolam Renang Terdapat dua F&B oultet luas dan efisien juga relaxing yaitu “FEAST”, restoran kasual yang menyediakan ambience yang berbeda di bawah atrium se nggi 39 . “SUGAR” adalah bar yang berada pada dek atap dengan pemandangan dari Kota Hong Kong.

Peng gunaan palet bahan yang konsisten dan sederhana dengan dua warna kayu (Elm dan Walnut), dua jenis batu (Rio Pu h dan Limestone Mocha), serta stainless steel hitam sebagai highlitgt keseluruhan hotel. Cahaya matahari dan pemandangan dimaksimalkan ke dalamr ruang kamar dengan jendela depan yang panjang dan nggi penuh kaca untuk semua ruang publik.


0X

Hotel Oasia

TENTANG HOTEL

OASIA HOTEL

Idealisme WOHA sangat jelas terlihat pada bangunan OASIA Hotel yang berlokasi di Singapura ini. Bangunan ini dikonsepkan sebagai green tower. Fasade OASIA Hotel didesain menggunakan aluminium yang diselimuti oleh lebih dari 20 jenis tanaman rambat. Pada bangunan ini juga terdapat sky garden pada beberapa lantai. Hotel ini terbagi menjadi tiga bagian secara vertikal. Bagian paling bawah berfungsi sebagai perkantoran, bagian tengah merupakan guestrooms dan bagian paling atas berupa club rooms. Ketiga bagian tersebut memiliki sky garden masingmasing. Bukaan pada tiap bagian sangat besar sehingga sirkulasi udara menjadi sangat baik.

“Tropical construction - tower as trellis, the building’s plant-covered exoskeleton and series of sky gardens provides natural cooling”

JENIS KAMAR Total : 314 kamar SUPERIOR ROOM 23 sqm IDR 4.280.272 DELUXE ROOM 23 sqm IDR 2.977.580 (Premium King-Sized Bed)

CLUB ROOM 28 sqm IDR 3.815.025 (Akses eksklusif ke Club Lounge & Infinity Pool)

Operator Lokasi Arsitek Area Tahun Projek

Oasia Hotel Singapore WOHA 19416 sqm 2016

CLUB SUITE 54 sqm IDR 3.815.025 (Bedroom yang terpisah dari Living Room)


0X

Hotel Oasia

0X

Hotel Oasia

Fasilitas yang terdapat pada OASIA Hotel ini yaitu kolam renang (2 rooftop pool dan infinity pool), gym yang dapat digunakan selama 24 jam, restoran, dan dining pods.

Bangunan ini memiliki 4 buah core yang terletak pada tiap ujung bangunan. Massa bangunan memiliki bentuk L dengan orientasi yang berbeda pada setiap peralihan fungsi.


02

Chrome Hotel

TENTANG HOTEL

CHROME HOTEL

Bangunan hotel ini didirikan setinggi 8 lantai dan oleh karena tidak ada hal sekeliling yang dapat dilihat (diapit oleh bangunan komersial), maka 3 lantai pertama digunakan sebagai ruang publik b er u p a b a r / c a f ĂŠ d a n re s ta u ra n t . Sedangkan 4 lantai diatasnya sebagai lantai tipikal kamar yang mewadahi sebanyak 63 kamar dan 1 lantai rooftop sebagai skylounge. Bagian sudut depan di 4 lantai tipikal yang terlihat seperti terganjal merupakan kamar tipe suites yang lebih luas dan terbuat dari material kaca dan menghadap keluar bangunan. Setiap ruang di dalam hotel ini berupa sculpted volume dengan bentuk, warna, tekstur, material dan cahaya bersama dengan cara kohesif untuk membentuk pengalaman ruang.

“Konsep temaKamar yang berbeda semuanya sebanyak 63 kamar membuat pengunjung dapat menikmati pengalaman ruang yang berbeda di setiap kamarnya�

JENIS KAMAR Kamar

Kamar

Total : 63 kamar Harga : IDR 700.000 - IDR 1.200.000 PRIME ROOM

IZZE HOTEL Operator Lokasi Arsitek Tahun Projek

Chocolate Group of Hotels Kolkata, India Sanjay Puri Architects 20xx

THEME ROOM

(Menawarkan kenyamanan (Kamar yang memiliki tema dengan fasilitas lengkap dan dipoles dengan furniture berupa elektronik, fully yang terbaik dan loaded mini bar, dll) menawarkan berbagai jenis tema seperti love rooms, spa rooms, sport rooms, dll)

Kamar

Kamar

Kamar

Kamar

PRIME SUITE

(Kamar yang lebih besar dari EDGE ROOM Prime room dan menawarkan fasilitas kamar mandi kelas (Kamar khusus yang dunia) menawarkan pemandangan spektakular oleh karena letaknya yang berada pada PRIME EXECUTIVE ujung depan facade yang (Ruangan yang luas dengan mencuat kedepan dengan standar tinggi, memiliki bukaan yang sangat lebar tingkat keamanan yang dan kamar yang sangat luas) tinggi dan fasilitasi seperti bose music system , high definition TV)


0X

0X

Chrome Hotel

Lt 8

- Rooftop

Lt 4 - 7

- Typical Floor

Lt 1 - 3

- Ruang Publik

Basement

- Parkir

Chrome Hotel

Hotel ini dilengkapi dengan fasilitas : Meeting Room Banquet hall Conference hall Restaurant Café & Bar Lounge Pool di Top floor Spa Fitness Centre

Ÿ Ÿ Ÿ Ÿ Ÿ Ÿ Ÿ Ÿ Ÿ

Bukaan berbentuk bulat pada lobby dan lounge hotel memberikan cahaya yang berbeda b aik dari warna & hue seiring berjalannya hari sehingga membentuk ruang yang dinamis terhadap waktu. Pola menarik yang terdapat pada partisi kayu di restaurant memberi kesan dan pengalaman ruang yang khusus bagi pengunjung.


When I start, my first idea for a building is with the material. I believe architecture is about that. It’s not about paper, it’s not about forms. It’s about space and material. Peter Zumthor.

Hasil Survey


iscover your hotel with our team... Novotel Tangerang menawarkan fasilitas terbaik untuk konferensi dan berbagai fungsi, termasuk grandballroom yang mampu mengakomodasi 2000 orang, 6 ruang meeting dan serbaguna, serta lounge mewah yang berada di lantai atas Novotel Tangerang merupakan Hotel bintang 4 yang dapat dijangkau dalam waktu 40 menit dari Bandara SoekarnoHatta dan 45 menit dari ibukota Jakarta.Panorama yang indah disuguhkan dari jendela kamar unit. Dengan rooftop garden pool dan juga pelayanan square restaurant yang tebaik. Di Lobby anda juga dapat menikmati ruang yang didesain untuk anak - anak dengan video game dan Mac corner untuk seluruh tamu. Hotel ini memiliki keunggulan dari lokasinyayang strategis dan juga memberikan kenyamanan dan fasilitas beruparuang meeting,grand ballroom, spa, pool bar, pool, fitness Centre,aircrew lounge, prefunction, dll. Vertical Room Distribution

1-20

Hotel Rooms

PL

The Square, Lounge bar & Meeting Room

M3

Swimming pool, Fitness Centre, & Spa

M2

Novotel Tangerang Accorhotels

M1 L P1 P2 Hanya dapat diakses menggunakan lift publik Dapat diakses oleh lift publik & lift private

Grand Ballroom Front Desk & Main Lobby Car Parking Car Parking Hanya dapat diakses menggunakan lift private

Lokasi Pengelola Jenis Kamar

: Tangerang , Banten : Accor : Standard Room Executive Room

Fasilitas : - Free WiFi, work space, sofa, flat-screenTV - Naturally lit gym, kids’ playground and pool - Regional and International dining, lounge bar - Grand ballroom and 7 flexible event spaces - Adjoining mall with shopping, dining options - Private/Public Indoor and outdoor parking - Web corner on a mac and meeting rooms


UNIT KAMAR

UNIT KAMAR Denah Tipikal

6 1 Tipe Unit Kamar

Twin Bed

6,50"

Premiere Room

2 5

3

Executive Room

Wastafel

Workspace & TV

4 Tipe Unit Kamar Luas Kamar Luas Toilet Floor to Ceiling Balkon

3,94"

1 Twin Bed

4 Toilet

2 Shower

5 Lemari

3 Wastafel

6 Workspace & TV

: Premiere Room : 4,0 x 6,5 m : :

Pencahayaan & Penghawaan : Baik Furniture & Instalasi : Tempat tidur, Meja kerja, TV, Meja lampu, AC (Central), : Lemari Petunjuk informasi : Akses darurat

ZONING & SIRKULASI

1 2

5

6

4 3

1

Gypsum

2

Plaster Dinding

3

Material

4

Kayu

5

Kaca

6

Karpet

Fasilitas Utilitas Lift BOH Tangga Kebakaran


FASILITAS

DETAIL ARSITEKTUR

Grand Ballroom

Meeting Room

Swimming Pool & Bar Pool

Tenant

Indoor Restaurant

Facade yang menghadap Barat dan Timur memiliki bukaan yang lebih sedikit dan luas permukaan yang lebih kecil daripada facade yang menghadap Utara dan Selatan. Hal ini untuk mencegah panas cahaya matahari berlebihan yang masuk ke dalam bangunan.

Pintu Shaft Pumbling didesain sedemikian rupa agar elemen utilitas dapat menjadi elemen dekorasi pada interior koridor lantai tipikal.

Koridor Lantai Tipikal Material lantai menggu-nakan karpet. Koridor dilengkapi dengan sensor a s a p , s p r i n k l e , s p e a k e r, lampu & pendingin udara. Luas Koridor : 2.5 meter

Koridor lift Private Material dinding lift menggunakan batu marmer serpegiante dan material lantai marmer travertine berupa memberi kesan mewah pada hotel.

Lighting dengan cahaya kuning akan memberi ketenangan pada ruangan koridor lobby. sedangkan lighting yang disembunyikan akan memberikan kesan yang lebih mewah

Elemen dekoratif sculptural berupa bunga pada bagian entrance memberi kesan menyambut pengunjung hotel.

Gym

1

Outdoor Restaurant

2

3

1 2 3

Lobby

Leisure

Curtain Wall Kaca digunakan sebagai facade depan dari entrance lobby. curtain wall juga dapat ditemui di ujung koridor lantai tipikal.

Front Desk & Receptionist pada lobby terdiri dari 3 desk yang separatif untuk menerima tamu/pengunjung hotel. Pada dinding belakang front desk terdapat pola geometris dari material kaca

Plin lantai memiliki material yang sama dengan material lantai yakni berupa batu marmer travertine. Meja pada foto terbuat dari material kaca dengan lampu duduk diatasnya.


SAFETY - SECURITY

PARKIR - BOH

m

40

40

m

BOH

Koridor Service

Dapur Restaurant

Radius Tangga Kebakaran min. 40 m Oleh karena letak core tidak berada di tengah melainkan di depan dan belakang serta bangunan lebih dari 5 lantai,maka diperlukan dua buah core / tangga kebakaran pada bangunan hotel. (Standard : Max. 40 m pada hotel yang menggunakan sprinkler)

Ramp pada Koridor Service Storage Room untuk penggunaan Penyimpanan stok barang trolley pengangkut barang

PARKIR Bangunan hotel yang berupa mixed use bersama tangcity mall, membuat lokasi lahan parkir hotel digabung bersama lahan parkir mall. Namun, Lokasi parkir khusus hotel hanya terletak di basement lantai 1 & 2.

TANGGA KEBAKARAN Area Evakuasi Diable

< 15 m

Koridor Lantai Tipikal

Kolom Protektor Car Stopper Water trap/gutter Area M/E Parkir Valet Lebar Jalan Sirkulasi Ratio Parkir & Unit Cleareance mobil Parkir Difable & dekat lift

Shaft Kebakaran

Railing 1 sisi

Shaft Plumbing Kamar

1

ok ok ok ok ok >6m ok ok > 2.25 m ok

2 3 1 Mekanikal

2 Hydrant

3 Floor hardener

Floor to ďŹ&#x201A;oor 3.6 m

28 cm 1m 18 cm

Step Nosing

Boom Checker

Hydrant

Sprinkler, Sensor Asap & Speaker

Exhaust & penerangan baik Material Kasar

Ukuran Parkir Motor 1.17 m x 4.16 (1 parkir mobil untuk 2 motor)

Ukuran Parkir Mobil 2.34 m x 4.16

Loading/Unloading


Santika

xperience a one-of-a-kind merger of contemporary style in the heart of BSD City. Bussiness & leisure travelers seeking the many up-market comforts of a top-quality hotel will find all these and more at our four-star Hotel Santika Premiere, where world-class standards of service are seamlessly combine with a uniquely Indonesian touch. Hotel Santika Premiere ICE - BSD City mengundang anda untuk merasakan suasana kontemporer dengan sentuhan budaya Indonesia. berada di lokasi Indonesia Convention Exhibition (ICE), sebagai salah satu convention centre terbesar di Asia Tenggara. BSD City juga memiliki BSD Bussiness Center, 2 rumah sakit modern dan Sinarmas World A c a d e m y. Te m p a t m e n a r i k l a i n n y a termasuk AEON Mall, The Breeze, Summarecon Mall Serpong dan Pasar Modern BSD membuat Hotel Santika Premiere ICE - BSD City sebagai salah satu hotel paling strategis untuk berbagai kegiatan bisnis dan rekreasi.

Vertical Room Distribution Pool, Sky Lounge, Spa Executive Lounge, Bar

15 7 - 12

Typical Floor

6

Typical Floor

5

Santika Premiere ICE BSD Santika

Typical Floor

3

Typical Floor

2

Typical Floor

L

Front Desk, Lobby & Restaurant

B

Car Parking Hanya dapat diakses menggunakan lift publik Dapat diakses oleh lift publik & lift private

Hanya dapat diakses menggunakan lift private

Lokasi Pengelola Total Kamar Jenis Kamar

: ICE BSD City, Tangerang : Santika : 285 Kamar : Deluxe Room Executive Suite Room Premiere Suite Room

Fasilitas : - 285 Rooms - Non-smoking Room - Area duduk Lobby - Valet Service - Coffee shop - Swimming Pool - Lift - Restaurant

- 3 Meeting Rooms - Smoking Room - Concierge - Free Wi-fi Connection - Lounge / café - Fitness Center - Spa - Drop-Pickup Service


UNIT KAMAR

UNIT KAMAR Denah Tipikal

2

6

1 Tipe Unit Kamar

Twin Bed

7,2 m

Deluxe Room

2

5

Executive Suite Room

3 1

4 Premiere Suite Room 3,3 m

1 Twin Bed

4 Toilet

2 Shower

5 Lemari

3 Wastafel

6 Workspace & TV

Tipe Unit Kamar Ukuran Kamar Ukuran Toilet Floor to Ceiling Balkon

Wastafel : Deluxe Room : 7,2 m x 3,3 m : 3,0 m x 2,0 m : 2,8 m

Workspace & TV Pencahayaan & Penghawaan Petunjuk informasi Detail 1 2

: Baik : Akses Darurat & Arah Kiblat

Material Lantai Keramik pada wastafel Kaca pada dinding shower room

ZONING & SIRKULASI

1 2 5 3

6

4

1

Gypsum

2

Plaster Dinding

3

Kayu

4

Pola Batik

5

Tirai

6

Keramik

Fasilitas Utilitas Lift BOH Tangga Kebakaran Sirkulasi


FASILITAS

DETAIL ARSITEKTUR

Sky Lounge

Swimming Pool & Bar Pool

Lounge & Bar

Meeting Room

Facade terdiri dari teralis besi sebagai secondary skin untuk mencegah panas sinar matahari masuk ke dalam ruang kamar. Secondary skin juga berfungsi untuk menutupi bagian kondenser AC.

Kanopi teralis besi pada entrance lobby terlihat dari dalam lobby. Facade ditutup dengan selubung curtain wall kaca agar pengunjung dapat menikmati pemandangan taman dari dalam lobby.

Koridor Lantai Tipikal Material lantai menggu-nakan karpet. Koridor dilengkapi dengan sensor a s a p , s p r i n k l e , s p e a k e r, lampu & pendingin udara. Lebar Koridor : 1.8 meter

Sky Lounge pada lantai atas menggunakan material concrete wood pada lantai dan menggunakan canopy berpola batik sebagai wujud aplikasi tema budaya Indonesia pada hotel.

Bar Lounge yang berada di Lantai Lobby didesain menggunakan material kayu dengan aksen lampu pada bagian atas bar sehingga memberikan terlihat simple dan modern.

Teralis besi pada facade untuk menyembunyikan kondenser AC.

Detail Arsitektur Lobby didesain dengan pola kotakkotak menggunakan material kayu dan lis besi yang digantung pada ceiling mengelilingi lobby.

Elemen Dekoratif pada lobby didominasi dengan material kayu. Garis Partisi vertikal pada dinding lobby memberi kesan ruang yang tinggi dan megah.

Bar Sky Lounge didesain dengan tone warna coklat yang dominan dengan material kayu dan m a r m e r. P e n c a h a y a a n menggunakan lampu berwarna warm white.

Gym

Outdoor Restaurant

Indoor Restaurant

Lobby


SAFETY - SECURITY

PARKIR - BOH BOH

Unit Kamar Tangga Kebakaran BOH

Dapur Restaurant Radius Tangga Kebakaran 25 m Oleh karena letak core tidak berada di tengah melainkan di kedua ujung serta bangunan lebih dari 5 lantai,maka diperlukan dua buah core / tangga kebakaran pada bangunan hotel. Simulasi di atas menunjukkan bahwa letak tangga kebakaran pada hotel Santika Premiere tidak memenuhi standar radius 25 meter.

Bangunan hotel yang berdekatan dengan Indonesia Convention Exhibition membuat lokasi lahan parkir hotel digabung bersama lahan parkir ICE. Hal ini pun memungkinkan lahan parkir yang sangat luas dan melebihi rasio unit parkir : unit kamar.

Tangga Kebakaran

Koridor Lantai Tipikal

Letak ruangan kantor dengan lobby hotel memungkinkan mobilisasi yang mudah bagi resepsionis dan pegawai hotel

PARKIR

TANGGA KEBAKARAN

Shaft Plumbing Kamar

Pintu Masuk Koridor Management OďŹ&#x192;ce

Shaft Kebakaran

1,1

m

17 cm

Kolom Protektor Car Stopper Water trap/gutter Area M/E Parkir Valet Lebar Jalan Sirkulasi Ratio Parkir & Unit Cleareance mobil Parkir Difable & dekat lift

ok 1 buah ok ok ok >6m ok ok > 2.25 m

4 2 1 3 5 6 2 Mekanikal

4 Exhaust

5 Floor Hardener 6 Car Stopper

90 cm 30 cm

Hydrant

Sprinkler, Sensor Asap & Speaker

Exhaust & penerangan baik

3 Kolom protektor

1 Hydrant

Ukuran Parkir Motor 0.8 m x 2.1 m

Ukuran Parkir Mobil 2.6 m x 4.45

Loading/Unloading


Hilton Worldwide

DOUBLETREE DIPONEGORO menities like the Sweet Dreams™ sleep experience, our Wake-up DoubleTree Breakfast™ buffet, and spacious workout facilities will make any traveller feel human again. Doubletree Diponegoro menawarkan suasana dan pelayanan yang ramah bersahaja dengan desain suasana yang Hotel DoubleTree Diponegoro terletak dekat dengan CBD Jakarta dan Segitiga Emas Jakarta namun jauh dari padatnya lalu lintas kota Jakarta. Pusat hiburan, shopping mall, dan Stasiun Kereta Cikini dapat dengan mudah diakses dari hotel. Tidak hanya itu, hotel ini terletak dekat dengan atraksi Jakarta seperti Taman Ismail Marzuki Cultural Arts Center dan Masjid Istiqlal. Suasana hotel yang hangat layaknya rumah, dengan kualitas layanan yang eksekutif dapat dinikmati pengunjung di setiap fasilitas beragam yang ditawarkan oleh DoubleTree. Hidangan kasual ala Mediteran

Lokasi

: Jl. Diponegoro, Jakarta Pusat Pengelola : Hilton Worldwide Arsitek : PT Duta Cermat Mandiri Pemilik Proyek : PT Nurtirta Nusa Lestari Kontraktor Utama : PT Tatamulia Nusantara Jenis Kamar Indah Tahun Projek : 2014

Fasilitas : -Wifi, 42-inch LCD TVs -Spa treatment, 24-hour fitness center, outdoor pool, island bar, kids pool and kids club -Flexible meeting spaces, including a divisible ballroom

Vertical Room Distribution

17

Executive Lounge

3-18

Doubletree Diponegoro Hilton

Rooms

L

Lobby Reception, Business Center, T Lounge, Ballroom &Meeting Rooms

G

Restaurant, Swimming Pool &Bar, Wellness &Fitness Center, Kids Club

B

Car Parking, Loading Dock Hanya dapat diakses menggunakan lift publik Dapat diakses oleh lift publik & lift private

Hanya dapat diakses menggunakan lift private

OUT IN


UNIT KAMAR

UNIT KAMAR Denah Tipikal

4 5

3

Tipe Unit Kamar

2

Guest Room

Lounge

Workstation

8m

Koridor

Suite

1 6 Executive Room

Permainan warna interior

Accessible Door

Elevated Bed

4m

1 Twin Bed

4 Toilet

2 Shower

5 Lemari

3 Wastafel

6 Workspace & TV

Accessible Guest Room

Tipe Unit Kamar Ukuran Kamar Ukuran Toilet Floor to Ceiling Balkon

: Premiere Room : 4,0 m x 8,0 m : 2mx3m : 2,8 m :

Pencahayaan & Penghawaan : Baik Furniture & Instalasi : Tempat tidur, Meja kerja, TV, Meja lampu, AC (Central), : Lemari Petunjuk informasi : Akses darurat

1

7

2 5

6

3

4

1

Gypsum

2

Wallpaper

3

Kaca

4

Karpet

5

Kulit sintetis

6

Meja

7

Plester dinding

Wastafel

Toilet

Lounge


FASILITAS

DETAIL ARSITEKTUR

Grand Ballroom

Swimming Pool & Bar Pool

Kids Club

Meeting Room

Facade yang menghadap Utara dan Selatan memiliki bukaan maksimal dengan curtain wall yang memberikan view maksimal ke arah kota. Sedangkan facade bagian Barat dan Timur masif tanpa bukaan, sebagai bagian dari koridor, yang dapat mencegah panas dan silau masuk dalam ruang hotel.

Elemen Lanskap Minimalis pada lantai 10 hotel dengan nuansa warna putih dan abu-abu yang menerapkan konsep Zen yaitu Karensasui, yaitu taman sebagai media Zen dengan komponen utama batu dan pasir.

Atap Datar hotel ditutupi oleh batu koral hitam dan putih. Selain itu atap datar yang dicat warna hijau dengan lis bercat putih membentuk geometris diagonal yang dinamis.

Dinding Lift ditutupi oleh rangkaian material kayu yang membentuk geometri persegi dan persegi panjang acak yang memberikan dinamika yang apik pada ruang lift.

Dinding Koridor Lobby ditutupi oleh kolom-kolom kayu berbaris secara vertikal memberikan arahan visual pada elevator dan ruang meeting pada lantai dasar.

Kolom Lengkung Lobby memberikan suasana dinamis dan modern. Dilengkapi dengan furniture bernuansa elegan melalui pemilihan warna coklat dan abu-abu monokrom.

Pintu Utama Restoran didekorasi dengan tatanan batu bata dengan lis kayu memberikan kesan modern dan mewah, dilengkapi dengan furniture berwarna hijau toska memberikan kesan elegan

Koridor Lantai Tipikal Material lantai menggunakan karpet bermotif garis-garis bernuansa cokelat memberikan kesan elegan dan hangat pada ruang koridor. Koridor dilengkapi dengan sensor asap, sprinkle, speaker, lampu & pendingin udara. Lebar Koridor : 1.8 meter

Gym

Lounge

Indoor Restaurant

Outdoor Restaurant

1

2

1

Spa

2

Lobby

Public Toilet

Dekorasi Plafon Lobby Memiliki kedalaman berbeda dengan bantuk oval yang proyeksi di bawahnya dijadikan ruang tunggu lobby. Material dekorasi berupa metal coklat.


SAFETY - SECURITY

PARKIR - BOH BOH

m

25 m

25

Koridor Service

Jalur evakuasi kebakaran

Unit kamar survey

Lift

Dapur Restaurant

Jalur Masuk Karyawan, Toilet, dan Mushola

Tangga kebakaran

Radius Tangga Kebakaran maks. 25 m Oleh karena letak core tidak berada di tengah melainkan di depan dan belakang serta bangunan lebih dari 5 lantai,maka diperlukan dua buah core / tangga kebakaran pada bangunan hotel. (Standard : Max. 40 m pada hotel yang menggunakan sprinkler)

PARKIR Parkir disediakan pada lantai 1 basement dengan jumlah total 145 parkir mobil. Parkir basement didesain dengan sangat rapi bernuansa dingin dengan cat warna hijau pucat pada bagian bawah kolom. Penanda arah sirkulasi diberikan dengan jelas pada lantai melalui tanda panah. Tersedia 6 pintu darurat pada lantai basement.

TANGGA KEBAKARAN

1

< 15 m

Koridor Lantai Tipikal Shaft Plumbing Kamar

Speaker Shaft Bertekanan

Floor Sign Direction Sign

Shaft Kebakaran

Kolom Protektor Car Stopper Water trap/gutter Area M/E Parkir Valet Lebar Jalan Sirkulasi Ratio Parkir & Unit Cleareance mobil Parkir Difable & dekat lift

ok ok ok ok ok >6m ok ok > 2.25 m ok

2

3

1 Mekanikal 2 Column Protectore 3 Floor hardener

0.85 m Floor to ďŹ&#x201A;oor 3.06 m 29 cm

Boom Checker

Hydrant

Sprinkler, Sensor Asap & Speaker

Material Kasar

17 cm

Step Nosing

Parkir Difable

Ukuran Parkir Motor 2.1 m x 1 m

Ukuran Parkir Mobil 2.6 m x 5.2 m

Loading/Unloading terletak di lantai dasar hotel tepat di bawah lantai lobby dengan jalur masuk yang dipisahkan dengan jalur masuk utama


Swiss-belHotel

Swiss-bel Inn Simatupang assion and Professionalismâ&#x201E;˘ Swiss-Belinn Simatupang adalah hotel yang menawarkan pelayanan profesional dengan lokasi yang mudah diakses pusat kota Jakarta. Akomodasi yang disediakan sangat cocok untuk pebisnis traveler. Swiss-Belinn Simatupang adalah hotel internasional bintang 3 yang berlokasi di TB Simatupang, CBD baru di Jakarta Selatan. Hotel ini terletak di Lingkar Luar Jakarta Selatan sehingga mudah diakses ke Tangerang Selatan, Jakarta Barat dan Jakarta Timur. Dikelilingi oleh komplek perkantoran dan kemudahan akses ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Hotel Swiss-Belinn Simatupang menyediakan akomodasi yang nyaman dengan fasilitas standard internasional, dapat menikmati suasana hangat dan ramah Barelo.

Vertical Room Distribution

4-20 3

Swiss-bel Inn Simatupang Swiss-belhotel

Lokasi

: Simatupang, Jakarta Selatan : Swiss-bel Hotels : 2015 : Standard Room Executive Room

Pengelola Tahun Projek Jenis Kamar

Fasilitas :

- Free WiFi, 24 hour in-room dining services - Meeting rooms, swimming pool, bar, restaurant dan lounge - 159 kamar termasuk Deluxe, Apartment, Business Suite, dan Premiere Suite - Setiap kamar difasilitasi oleh TV kabel LCD, IDD telephone, high-speed Internet access, in-room safety deposit box, mini bar, coďŹ&#x20AC;ee and tea-making facilities, bathtub or shower

OUT

Rooms IN

Grand Ballroom & Meeting Room

2

Restoran

L

Front Desk & Main Lobby, Bar, Swimming Pool, Fitness Center

B

Car Parking Hanya dapat diakses menggunakan lift publik Dapat diakses oleh lift publik & lift private

Hanya dapat diakses menggunakan lift private


UNIT KAMAR

UNIT KAMAR Denah Tipikal

2 5 4

Tipe Unit Kamar

Twin Bed

Studio Suite

5.6 m

3

Premier Suite Room

1 6 Toilet Deluxe Room

Tipe Unit Kamar Ukuran Kamar Ukuran Toilet Floor to Ceiling Balkon

3.55 m

1 Twin Bed

4 Toilet Business Suite Room

2 Shower

5 Lemari

3 Wastafel

6 Workspace & TV

Workstation & TV

: Premiere Room : 3,55 m x 5,6 m : 2,2 m x 1,75 m : 2,35 m dan 2,7 m :

Pencahayaan & Penghawaan : Baik Furniture & Instalasi : Tempat tidur, Meja kerja, TV, Meja lampu, AC (Central), : Lemari Petunjuk informasi : Akses darurat

ZONING & SIRKULASI Pool Gym

1

WC Front Oï¬&#x192;ce

1 2 3 5

6

4

Gypsum

2

Wallpaper

3

Kaca

4

Lemari Kayu

5

Kulit sintetis

6

Karpet

Service

Prefunction Room

Receptionist

WC Pria

Lobby

Loading Dock

Lounge Bar WC Wanita

Fasilitas

Utilitas

Lift

BOH

Tangga Kebakaran


FASILITAS

DETAIL ARSITEKTUR

Meeting Room

Swimming Pool & Bar Pool

Buffet

Meeting Room Meeting Room

Bar

Facade hotel menghadap Utara Selatan dengan bukaan yang minim dengan garis horizontal yang kuat pada facade. Lahan yang sempit membuat massa bangunan tipis dan memanjang dan meninggi sehingga garis horizontal akan memberikan kesan luas pada gedung hotel.

Material Conwood pada lantai dan Batu pada dinding dan pot tanaman dengan nuansa warna monokrom dipilih pada daerah pool hotel. Fitness area dibatasi oleh pintu kaca transparan dan buram.

Gym

Lounge Bar didekorasi dengan papan kayu pada furniture, plafon, dan lampu. Warna cat yang digunakan senada dengan plafon lobby sedangkan plafon didesain serupa dengan restoran.

Lobby

Indoor Restaurant

Koridor Lantai Tipikal Material lantai menggunakan karpet bermotif diagonal dan diamond dengan warna biru, dan kuning memberikan kesan eksekutif dan dinamis. Koridor dilengkapi dengan sensor, asap, sprinkle, speaker,lampu & pendingin udara. Luas Koridor : 1.6 meter

1

Dinding Lift ditutupi oleh papan kayu unfinished membentuk tanda panah ke atas. Dipadukan dengan cermin di bagian sisi kanan dan sisi kiri memberikan kesan luas dan edgy.

Pilihan Warna dan Motif pada dekorasi sekat lounge bar memberikan kesan elegan dan ceria. Semua geometri dekorasi di setiap bagian hotel berbentuk panah papan kayu unfinished

Plafon Lobby didekorasi dengan papan kayu yang ditata melintang dan membujur membentuk geometris panah dengan 3 warna cat pucat yang lembut.

Restoran didekorasi dengan material kayu dan cermin layaknya di lobby. Plafon didesain dengan menata papan kayu secara membujur sehingga membentuk tekstur yang kaya pada plafon

2

2 1

Lobby

Waiting Room Lobby

Plafon pada Receptionist didekorasi dengan tatanan papan kayu unfinished ukuran berbeda diselingi dengan cermin. Cermin dimaksudkan untuk memberikan kesan luas.


SAFETY - SECURITY

PARKIR - BOH

25

25

m

BOH

m Lift Service

Jalur evakuasi kebakaran

Lift

Unit kamar survey

Ruang Trafo dan Cubical

Ruang Genset

Pintu Evakuasi

Tangga kebakaran

Radius Tangga Kebakaran maks. 25 m Oleh karena letak core tidak berada di tengah melainkan di depan dan belakang serta bangunan lebih dari 5 lantai,maka diperlukan dua buah core / tangga kebakaran pada bangunan hotel. (Standard : Max. 40 m pada hotel yang menggunakan sprinkler)

PARKIR Parkir terletak di basement lantai 1. Jalur sirkulasi parkir basement berupa dead end sehingga terjadi kesulitan untuk memarkir dan keluar parkiran.

TANGGA KEBAKARAN

1 Shaft Bertekanan

Lift Service

Koridor Lantai Tipikal

< 15 m

Lift 1m

Kolom Protektor Car Stopper Water trap/gutter Area M/E Parkir Valet Lebar Jalan Sirkulasi Ratio Parkir & Unit Cleareance mobil Parkir Difable & dekat lift

2

ok ok ok ok no >6m ok ok > 2.25 m no

3 1 Mekanikal

2 Plumbing

3 Floor hardener

Floor to ďŹ&#x201A;oor 3.42 m

Material Kasar

29 cm

Ramp DiďŹ&#x20AC;able Lobby

Hydrant

Sprinkler, Sensor Asap & Speaker

19 cm

Step Nosing Pintu Masuk Lobby dari Basement merupakan pintu tangga kebakaran

Parkir Motor

Ukuran Parkir Mobil 2.4 m x 5.4

Ramp Parkir Basement


Tauzia

Harris Suites Fx Sudirman ore than just a hotel! Harris Suite FX Sudirman menyediakan hotel dengan suasana yang sangat cocok untuk keluarga. Desain-desainnya memiliki kesan yang playful dan ramah. Akses langsung ke Mall FX menjadi salah satu keunggulan hotel ini. Hotel Harris Suite FX Sudirman merupakan hotel bintang 4 yang berada di Jakarta Pusat dan dekat dengan Stock Exchange, Senayan Sport Complex, Senayan Golf Course, Plaza Senayan, dan Senayan City. Hotel ini menjadi bagian dari mall FX dengan lobbynya yang berada di dalam mall sehingga penghuni hotel memiliki akses langsung ke mall. Hotel Harris Suite FX Sudirman ini menawarkan fasilitas-fasilitas berupa kolam renang, lapangan tenis, Fitness Center, dan Kids Club. Seperti hotel Harris lainnya, hotel ini juga membawa karakter khas Harris yaitu penggunaan aksen warna jingga di seluruh bagian hotel.

Lokasi Pengelola Jenis Kamar

: Jakarta Pusat, DKI Jakarta : Tauzia : Harris Room Harris Suite

Fasilitas : - Free WiFi, work space, sofa, TV satelit - Fitness Center, Kids Club, kolam renang - Lapangan Tenis - Akses langsung ke Mall FX

Vertical Room Distribution

43-47 41-42 11-16 10

Harris Suites Fx Sudirman Tauzia

Harris Rooms Harris Suites Harris Rooms

Swimming Pool, Tennis Court, Fitness Center, Kids Club,Employee Room

9

Harris Rooms

F1

Lobby

FB P1 P2

Akses ke Mall Residence Lobby Loading Dock/Basement

Hanya dapat diakses menggunakan lift publik Dapat diakses oleh lift servis & lift private

Hanya dapat diakses menggunakan lift private


UNIT KAMAR

UNIT KAMAR Denah Tipikal

2 4 5

7,25 m

3

6

1

Tipe Unit Kamar Harris Room

Toilet Tipe Unit Kamar Ukuran Kamar Luas Toilet Floor to Ceiling Balkon

Harris Suite

3,5 m

1 Twin Bed

4 Toilet

2 Shower

5 Lemari

3 Wastafel

6 Workspace & TV

1 2 3

4

5 6

1

Gypsum

2

Plaster Dinding

3

Kaca

4

Lampu Kayu

5

Meja Kaca

6

Karpet

: Harris Room : 3,5 x 7,25 m : 2,5 x 2,85 m :

King Bed Pencahayaan & Penghawaan : Baik Furniture & Instalasi : Tempat tidur, Meja, TV, Meja samping tempat tidur, AC : Lemari Petunjuk informasi : Akses darurat, arah kiblat


FASILITAS

DETAIL ARSITEKTUR

Lounge

Swimming Pool

Kids Club

Meeting Room

Facade yang menghadap Barat dan Timur memiliki bukaan yang lebih banyak dan permukaan yang lebih luas daripada facade yang menghadap Utara dan Selatan.

Ground Cover pada lantai 10 di samping lapangan tenis berupa bebatuan yang dipadukan dengan rumput. Penggunaan rumput menyebabkan panas yang dipantulkan lantai menjadi lebih sedikit.

Koridor Lantai Tipikal Material lantai menggu-nakan karpet. Koridor dilengkapi dengan sensor a s a p , s p r i n k l e , s p e a k e r, lampu & pendingin udara. Lebar Koridor : 2.5 meter

Partisi di Lounge pada lantai 10 berupa kaca dengan berbagai warna yang disusun secara acak.

Ground Cover pada lantai 10 selain menggunakan rumput juga menggunakan bebatuan kecil dengan pola yang sama.

Kolam renang didesain menggunakan kaca transparan pada bagian sampingnya.

Lobby lantai FB yang menjadi akses langsung ke mall memiliki kesan yang lebih tenang tanpa aksen warna jingga khas hotel Harris.

Kaca pada lobby utama hotel ini berupa modulmodul kecil yang disusun miring, tidak sejajar dengan garis dinding lobby.

Papan Kayu digunakan sebagai penutup lantai pada area di samping kolam renang. Beberapa macam pohon juga menghiasi area ini.

Gym

2

Lobby

Lobby Lift

Lobby Lift

Lobby FB


SAFETY - SECURITY

PARKIR - BOH

m

25

25

m

BOH

Radius Tangga Kebakaran min. 25 m Core bangunan ini berada di tengah massa bangunan. Jenis tangga yang digunakan yaitu tangga gunting. Tangga jenis ini dapat menampung dua tangga dengan ruang yang lebih kecil dibandingkan dengan dua tangga yang terpisah. (Standard : Max. 25 m pada hotel yang menggunakan sprinkler)

Employee Room

Ruang Sampah

Lobby Lift pada lantai 10

Employee Room

PARKIR Bangunan hotel menyatu dengan mall FX dan memiliki area parkir bersama. Tidak ada penanda khusus terkait tempat parkir yang dikhususkan untuk penghuni hotel maupun untuk pengunjung mall.

TANGGA KEBAKARAN Koridor Lantai Tipikal

Kolom Protektor Car Stopper Water trap/gutter Area M/E Parkir Valet Lebar Jalan Sirkulasi Ratio Parkir & Unit Cleareance mobil Parkir Difable & dekat lift

ilin

g

2

Shaft Plumbing Kamar

Ra

12 m

10 m

sis

i

Shaft Kebakaran

1

ok ok ok ok ok >6m ok

3

> 2.25 m

1 Mekanikal

1,03 m

2

2 Car Stopper

3 Floor hardener

1,15 m

m 0c

Floor Hardening

3

18 cm

Step Nosing

Hydrant

Sprinkler, Sensor Asap & Speaker

Exhaust & penerangan baik

Ukuran Parkir Mobil 2.34 m x 4.16

Lobby Basement


Aston

The Grove Suites otel that exude the sense of warmth The Grove Suites by Aston menawarkan akomodasi berkualitas di distrik pusat kegiatan bisnis, belanja, dan restoran di Jakarta. Dengan lokasinya yang strategis, hotel ini menyediakan akses yang mudah ke berbagai destinasi di kota ini. The Grove Suites by Aston terletak di pusat Jakarta dan dekat dengan Epicentrum Mall, Bakrie Tower, Plaza Festival, dan Kota Kasablanka. Hotel ini juga memiliki akses yang mudah ke jalan Rasuna Said sehingga cocok untuk penghuni yang memiliki urusan bisnis di area tersebut. Hotel dengan ketinggian 12 lantai ini memiliki 151 kamar dengan dua jenis kamar yaitu 1 bedroom dan 2 bedroom. Mini Gym, Spa, Outdoor Pool, Veranda Restaurant, dan Splash Bar merupakan fasilitas yang ditawarkan di hotel ini. Ballroom dan meeting room juga tersedia di lantai 1 hotel. Hotel ini bersebelahan dengan apartemen dan keduanya memiliki satu lobby yang sama. Vertical Room Distribution

3-15 2 GF

Hotel Rooms Mini Gym, Spa, Hotel Rooms, Employee OďŹ&#x192;ce, BOH Lobby, Meeting Rooms, Ballroom, Restaurant, Pool, Splash Bar

B2-B1

The Grove Suites Aston

Hanya dapat diakses menggunakan lift publik Dapat diakses oleh lift publik & lift private Hanya dapat diakses menggunakan lift private

Car Parking

Lokasi Pengelola Jenis Kamar

: Kuningan, Jakarta : Aston : Suite 1 Bedroom Suite 2 Bedroom

Fasilitas : - Free WiFi, living room, kitchen set, 2 ďŹ&#x201A;at-screen TV - Mini Gym, Spa, outdoor pool - Veranda Restaurant, splash bar - Ballroom and meeting rooms - Access to Epiwalk - Private/Public Indoor and outdoor parking


UNIT KAMAR

UNIT KAMAR Denah Tipikal

2

8

3

4

Twin Bed

Tipe Unit Kamar

7,55m

Suite 1 Bedoom

5

6

7

1

Suite 2 Bedoom

Wastafel

6

9

Tipe Unit Kamar Ukuran Kamar Ukuran Toilet Floor to Ceiling Balkon

6,55m

1 Twin Bed

4 Toilet

Pencahayaan & Penghawaan : Baik Furniture & Instalasi : Tempat tidur, Meja kerja, TV, Meja lampu, AC , : Lemari, Kitchen Set Petunjuk informasi : Akses darurat, Arah Kiblat

7 Kitchen Set

2 Shower & Bathub 5 Lemari

8 Living Room

3 Wastafel

9 AC Condensor Space

6 TV 1

5

: Suite 1 Bedroom : 6,55 x 7,55 m : 2,65 x 2,75 m :

Living Room

3

4 2

6

1

Gypsum

2

Plaster Dinding

3

Kaca

4

Lemari Kayu

5

Wallpaper

6

Karpet

Shower & Bathub

Kitchen Set


FASILITAS

DETAIL ARSITEKTUR

Grand Ballroom

Swimming Pool & Bar Pool

Meeting Room

Facade yang menghadap Barat dan Timur memiliki bukaan yang lebih sedikit dan luas permukaan yang lebih kecil daripada facade yang menghadap Utara dan Selatan. Hal ini untuk mencegah panas cahaya matahari berlebihan yang masuk ke dalam bangunan.

C e i l i i n g L i f t didesain berupa sekumpulan tabung dengan perbedaan material pada ujungnya, menciptakan suatu aksen yang unik.

Koridor Lantai Tipikal Material lantai menggu-nakan karpet. Koridor dilengkapi dengan sensor a s a p , s p r i n k l e , s p e a k e r, lampu & pendingin udara. Lebar Koridor : 1.8 meter

Detail geometris yang berada pada beberapa bagian di dalam hotel seperti dinding dan pintu ini membuat sudut-sudut di hotel ini menjadi terlihat menarik.

Detail garis-garis horizontal pada kolom dan garis-garis vertikal di pemisah ruang pada restoran dipadukan dengan intensitas yang berbeda memunculkan komposisi yang menarik.

D e t a i l D i n d i n g resepsionis di lobby utama berupa kerawang yang disusun melengkung bersebelahan dengan garis horizontal putih yang tegas.

D e t a i l D i n d i n g pada area lobby lift didesain berupa persegi panjang yang menciptakan repetisi pada dinding tersebut.

Detail Lampu Lounge dengan bentuk geometri yang sama dengan detail geometri pada lantai lounge dan dinding serta beberapa pintu di hotel ini.

Gym

1

Indoor Restaurant

1

2

Outdoor Restaurant 2

Lobby

Lobby

Lampu Restoran didesain berbentuk balokbalok dengan ketinggian yang berbeda dan material semi-transparan.


SAFETY - SECURITY

PARKIR - BOH

25

25

m

m

BOH

Area BOH Hotel

Pintu Area BOH Hotel

Radius Tangga Kebakaran max. 40 m Pada Hotel The Grove Suites Aston ini terdapat dua buah tangga kebakaran dengan satu tangga dekat dengan area lift penghuni. (Standard : Max. 40 m pada hotel yang menggunakan sprinkler)

PARKIR Area parkir Hotel The Grove Suites by Aston ini terletak pada basement berjumlah dua lantai, sedangkan pada lantai GF berisi fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh hotel ini.

TANGGA KEBAKARAN

1 Railing 2 sisi

Lift Penghuni Hydrant Koridor Lantai Tipikal

1

Tangga Kebakaran Floor to ďŹ&#x201A;oor 3.6 m

Kolom Protektor Car Stopper Water trap/gutter Area M/E Parkir Valet Lebar Jalan Sirkulasi Ratio Parkir & Unit Cleareance mobil Parkir Difable & dekat lift

ok ok ok ok ok >6m ok ok > 2.25 m ok

2

2 3

1 Mekanikal 2 Kolom Protektor 28 cm 1m

18 cm

1m

Hydrant

Sprinkler, Sensor Asap & Speaker

Step Nosing Floor Hardener

Exhaust & penerangan baik

Ukuran Parkir Mobil 2.34 m x 4.16

3

3 Floor hardener


InterContinental Hotels Group

Holiday Inn Kemayoran he perfect base accommodation for any business traveler Holiday Inn Kemayoran berada di lokasi strategis,45 menit dari Bandara Soekarno-Hatta dan 10 menit menuju Ancol. Hotel juga memiliki akses langsung ke Food Centrum. Hotel yang menawarkan 257 kamar dengan fasilitas lengkap, termasuk Angsana Grand Ballroom terbesar di Kemayoran ini mampu menampung 1.800 orang, 6 meeting room, dan 3 F&B outlet yaitu restoran Botany, Habitat Lounge dan Innfinity Pool & Bar. Hotel ini menerapkan konsep Green Building. Penerapan Green Building di hotel Holiday Inn Jakarta mencakup desain, operasional dan teknologi yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan energi, air dan limbah, mengurangi emisi karbon, meningkatkan kesehatan dan kenyamanan tamu, mengurangi biaya operasional dan pemeliharaan, dan tentunya meningkatkan kesadaran tamu dan staf pada kepedulian lingkungan. Vertical Room Distribution

5-15 L3 L2 L1

Holiday Inn Kemayoran InterContinental Hotels Group

Guest Rooms Executive Lounge, Health Club & Innfinity Pool and Bar Grand Ballroom, Function Rooms & Business Centre Main Lobby, Habitat Lounge & Botany Restaurant

B

Hanya dapat diakses menggunakan lift publik Dapat diakses oleh lift publik & lift private

Car Parking

Hanya dapat diakses menggunakan lift private

Lokasi Pengelola Jenis Kamar

: Kemayoran, Jakarta Utara : Intercontinental : Deluxe Room Superior Room King Suite Room Executive Suite Room High Floor Suite Room 2 Bed Room Suite Room

Fasilitas : - Free WiFi, work space, sofa, flat-screenTV - Infinnity Pool and Bar - Regional and International dining, lounge bar - Grand ballroom and 6 flexible event spaces - Adjoining mall with shopping, dining options - Private/Public parking


UNIT KAMAR

UNIT KAMAR Denah Tipikal

6

6

1 6 8.00m

5

2.40 m

2 3

Deluxe Room

Executive Suite Room

Superior Room

High Floor Suite Room

Wastafel

Workspace & TV

4 King Suite Room

2 Bed Room Suite Room

2.00 m 3.75 m

1 Twin Bed

5 Lemari

2 Shower

6 Meja dan TV

3 Wastafel

7 Workspace

4 Toilet

8 Sofa

1

5

Twin Bed

Tipe Unit Kamar

2

3

4 6

1

Gypsum

2

Plaster Dinding

3

Kaca

4

Lemari Kayu

5

Material

6

Karpet

Tipe Unit Kamar Luas Kamar Luas Toilet Floor to Ceiling Balkon

: Premiere Room : 4,0 x 6,5 m : :

Pencahayaan & Penghawaan : Baik Furniture & Instalasi : Tempat tidur, Meja kerja, TV, Meja lampu, AC (Central), : Lemari Petunjuk informasi : Akses darurat


FASILITAS

DETAIL ARSITEKTUR

Grand Ballroom

Swimming Pool & Bar Pool

Prefunction Room

Indoor Restaurant

Meeting Room

Facade tower terlihat bulky kemudian diberikan bukaan kaca dari jendela kamar tidur sebagai penyeimbang. Sedangkan podium menggunakan curtain wall. Tower dengan L-shape pada bagian sikunya balkon-balkon dari kamar.

Grand Stair Ballroom menggunakan material marmer trevertine untuk tangganya dan railing menggunakan stainless-steel. Dan terdapat 2 eskalator di samping kanan dan kiri

Koridor Material lantai menggunakan karpet. Koridor dilengkapi dengan sensor a s a p , s p r i n k l e , s p e a k e r, lampu & pendingin udara. Luas Koridor : 1.82 meter Floor to Ceiling : 2.4 meter

Area Kolam Renang didesain menggunakan parket kayu untuk lantai. Kanopi terdiri dari balok-balok kayu tipis. Dipercantik dengan tanaman tropis seperti kamboja.

Gym pada bagian entrance terdapat rak handuk yang ditata rapi dengan list putih dan tembok menggunakan material ubin berwarna tosca dan lantai menggunakan parket kayu.

Facade Lounge didesain menggunakan warna utama putih gading dan hitam yang disusun dalam elemen vertikal dan horizontal lalu diberi tanaman.

Gym

Outdoor Restaurant

Lobby

Lounge Ballroom berada di depan Grand Stairs dengan desain elegan dengan lantai parket kayu dan dinding marmer. Kemudian, pada bagian ceiling digantung balok kayu kecil yang disusun beraturan.

Ceiling Lobby didesain dengan permainan garis lampu ceiling berbentuk persegi yang tidak beraturan. Lobby dibuat double height dan terdapat dinding atas receptionis yang artistik.

Lobby Lounge didesain dengan elegan dengan tone warna coklat. Penggunaan marmer masih digunakan pada pelapisan kolom dan lantai. Terdapat tiang kayu berbentuk lingkarang untuk menyelubungi tempat duduk.


SAFETY - SECURITY

PARKIR - BOH

25

m

BOH

Unit Kamar Survey Tangga Kebakaran Lift Service

Storage dan Loading/Unloading berada di basement

25

m

Radius Tangga Kebakaran min. 40 m Oleh karena letak core tidak berada di tengah melainkan di depan dan belakang serta bangunan lebih dari 5 lantai,maka diperlukan dua buah core / tangga kebakaran pada bangunan hotel. (Standard : Max. 40 m pada hotel yang menggunakan sprinkler)

PARKIR Bangunan hotel yang berupa mixed use bersama tangcity mall, membuat lokasi lahan parkir hotel digabung bersama lahan parkir mall. Namun, Lokasi parkir khusus hotel hanya terletak di basement lantai 1 & 2.

TANGGA KEBAKARAN Floor to ďŹ&#x201A;oor 3.6 m

Shaft Asap Railing 1 sisi

90 cm

1.3 m

Kolom Protektor Car Stopper Water trap/gutter Area M/E Parkir Valet Lebar Jalan Sirkulasi Ratio Parkir & Unit Cleareance mobil Parkir Difable & dekat lift

29 cm

Tangga Kebakaran

2

1

ok ok ok ok ok >6m ok ok > 2.25 m ok

3

1 Mekanikal

2 Exhaust

3 Epoxy Floor

18 cm

Floor Hardening

Step Nosing

Boom Checker

Hydrant

Sprinkler, Sensor Asap & Speaker

Exhaust & penerangan baik

Parkir Difabel

Ukuran Parkir Mobil 2.4 m x 4.8 m

Loading/Unloading


Marriot

Sheraton Grand Jakarta he first Sheraton Grand designated hotel in Indonesia Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel menawarkan akomodasi di jantung kawasan bisnis dan pemukiman yang sedang berkembang pesat di Jakarta Selatan. Hotel ini merupakan bagian dari kompleks superblok. Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel berlokasi di Jakarta Selatan dan hanya berselang 5 km dari kawasan pusat bisnis dan 32 km dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Bandara Halim Perdanakusuma berjarak 11 km dari hotel ini. Hotel ini merupakan hotel milik PT Artisan Wahyu.

Lokasi Pengelola Jenis Kamar

Sheraton Grand memiliki konsep desain kontemporer yang estetik dengan pelayanan berstandar internasional. Hotel dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap seperti kolam renang, fitness center, business center, grand ballroom, dan club lounge. .

Fasilitas :

Vertical Room Distribution Sheraton Club Club Floor Hotel Rooms

20 19 7-18

Hotel Rooms Executive Offices

6

Swimming Pool Sheraton Fitness

3

Sheraton Grand Jakarta Marriot

Club Floor Hotel Rooms

Meeting Rooms, Grand Ballroom & Business Center

UG G

Anigre Restaurant Reception, Lobby Lounge & Access To Mall

B1 B2 Hanya dapat diakses menggunakan lift publik Dapat diakses oleh lift publik & lift private

Car Parking Mall Loading/Unloading Car Parking Hotel Hanya dapat diakses menggunakan lift private

: Kebayoran, Jakarta Selatan : Marriott : Deluxe & Grand DeluxeRoom Sheraton Club Room Executive Room Grand Suite Room Ambassador Room Presidential Room

- Free WiFi, work space, sofa, flat-screenTV - Naturally lit gymandpool - Regional and International dining, lounge bar - Grand ballroom, meeting room and flexible spaces - Adjoining mall with shopping, dining options


UNIT KAMAR

UNIT KAMAR Denah Tipikal

6

Tipe Unit Kamar

7

1

Deluxe Room

Grand Deluxe Room

9.60 m

Double Bed

4 4.00 m

3

Sheraton Club Room

Executive Suite

Grand Suite Room

Ambassador Suites Room

8 5

2

Wastafel Tipe Unit Kamar Luas Kamar Luas Toilet Floor to Ceiling Balkon

2.08 m 3.55 m

: Premiere Room : 4,0 x 6,5 m : :

Presidential Room

1 King Size Bed

5 Toilet

2 Shower

6 Workspace

3 Wastafel

7 TV

4 Bath tub

8 Lemari

Workspace & TV Pencahayaan & Penghawaan : Baik Furniture & Instalasi : Tempat tidur, Meja kerja, TV, Meja lampu, AC (Central), : Lemari Petunjuk informasi : Akses darurat

ZONING & SIRKULASI

1 5 2 3 4

6

1

Gypsum

2

Plaster Dinding

3

Kaca

4

Meja Kerja

5

Material

6

Karpet

Fasilitas Utilitas Lift akses dari lantai 6


FASILITAS

DETAIL ARSITEKTUR

Grand Ballroom

Swimming Pool & Bar Pool

Meeting Room

Facade tower mengahadap ke arah Timur Laut dan Barat Daya. Facade menggunakan kaca yang diberi elemen horizontal. Pada tengah tower, diberi aksen tertutup yang merupakan lokasi lift dengan lampu menerus.

Lobby Lift pada lantai Ballroom. Desain lobby elegan menggunakan lantai dan dinding marmer. Kaca besar tepat didepan lift. Kemudian terdapat karpet menuju Ballroom.

Koridor Kamar Material lantai menggunakan karpet. Koridor dilengkapi dengan sensor a s a p , s p r i n k l e , s p e a k e r, lampu & pendingin udara. Luas Koridor : 2.5 meter

Gym menggunakan lantai parket kayu dengan kacakaca besar pada dinding. Ceiling didesain dengan pola-pola dan diďŹ nishing dengan cat putih.

E n t r a n c e H o t e l menggunakan kanopi lebar yang di topang oleh kolomkolom dengan kemiringan yang tidak beraturan. Pada kanopi, terdapat skylight.

Restoran didesain dengan k o n s e p e l e g a n menggunakan tone warna coklat yang hangat. Lampu pada ceiling menggunakan permainan elevasi.

Grans Stairs menuju restoran dari lobby menggunakan material marmer pada lantai. Samping kanan dan kiri tangga dipercantik dengan lampu warna kuning yang menerus.

Lobby hotel didesain dengan double-height. Lantai menggunakan karpet. Pada ceiling diberikan dekorasi gantung dan dilengkapi sofa yang nyaman.

Lobby Lounge bernuansa monokrom minimalis. Lantai dilapisi dengan karpet. Dekorasi interior dengan material membentuk suasana mewah dan hangat.

Gym

Indoor Restaurant

Lobby

Outdoor Restaurant

Lobby


SAFETY - SECURITY

PARKIR - BOH

25

25

m

BOH

m

Ruang Pegawai berada di lantai B1 ruang berdekatan dengan lokasi loading/unloading barang

Radius Tangga Kebakaran min. 40 m Oleh karena letak core tidak berada di tengah melainkan di depan dan belakang serta bangunan lebih dari 5 lantai,maka diperlukan dua buah core / tangga kebakaran pada bangunan hotel. (Standard : Max. 40 m pada hotel yang menggunakan sprinkler)

Unit Kamar

Tangga Kebakaran

TANGGA KEBAKARAN

Lift

PARKIR Bangunan hotel yang berupa mixed use bersama Gandaria City Mall, membuat lokasi lahan parkir hotel digabung bersama lahan parkir mall. Lokasi khusus parkir mobil hotel terletak di lantai B2 dengan akses lift ke lobby hotel.

Service

Railing 2 sisi

Lobby Kebakaran

Tangga Kebakaran

Floor to ďŹ&#x201A;oor 3.6 m

Kolom Protektor Car Stopper Water trap/gutter Area M/E Parkir Valet Lebar Jalan Sirkulasi Ratio Parkir & Unit Cleareance mobil Parkir Difable & dekat lift

2 1

ok ok ok ok ok >6m ok ok > 2.25 m ok

3

1 Mekanikal

Shaft Hydrant

2 Sprinkler

3 Floor hardener

1m

28 cm 18 cm

Material Kasar

Boom Checker

Hydrant

Sprinkler, Sensor Asap & Speaker

Step Nosing

Bom Checker Karyawan di lantai B1

Ukuran Parkir Mobil 2.5 m x 5 m

Loading/Unloading di B1


RANGKUMAN

Dimensi Unit Kamar

Material dalam Unit Kamar

Hotel dengan luas unit kamar terbesar dari delapan hotel yang telah kami survey yaitu Hotel The Grove by Aston dengan luas 49,45 sqm. Sedangkan hotel dengan luas unit terkecil yaitu Hotel Swiss-Bel Inn dengan luas unit 19,88 sqm.

Penggunaan material lantai, dari delapan hotel yang kami survey, 6 hotel dominan menggunakan material karpet sedangkan 2 lainnya dominan menggunakan material keramik. Pada dinding, 4 hotel menggunakan material plaster dinding dan 4 lainnya menggunakan wallpaper.

Hotel dengan luas kamar mandi terbesar dari delapan hotel yang telah kami survey yaitu Hotel Sheraton Grand Jakarta dengan luas 8,32 sqm. Sedangkan hotel dengan luas kamar mandi terkecil yaitu Hotel Swiss-Bel Inn dengan luas unit 3,85 sqm.

Sedangkan untuk ceiling, semua hotel tersebut menggunakan material gypsum.

Fasilitas Hotel

Hotel dengan nggi ceiling terbesar dari delapan hotel yang telah kami survey yaitu Hotel Harris Suite FX Sudirman dengan luas 2,86 m. Sedangkan hotel dengan nggi ceiling terkecil yaitu Hotel Swiss-Bel Inn dengan luas unit 2,60 m.


INVENTARIS DATA

AKSES ENTRANCE 1. Akses kendaraan masuk dan keluar site dipisah / ada pembatas jalan 2. Posisi Pintu masuk/keluar site berjarak 20m dari tikungan (jika posisi site di tikungan) 3. Lebar jalan minimal 6m untuk menampung 2 mobil 4. Tersedia penerangan jalan yang cukup untuk malam hari 5. Tersedia akses pejalan kaki/pedestrian menerus dari bangunan sampai jaringan transportasi umum. 6. Tersedia akses penyandang cacat 7. Tersedia akses mobil pemadam kebakaran 8. Tersedia ruang sampah di luar bangunan, sehingga truk sampah tidak masuk ke dalam site. 9. Akses tamu dan karyawan, serta loading/unloading barang dipisah. 10. Tersedia water trap/gutter di entrance & exit 11. Tersedia pos jaga, diperbolehkan di depan GSB maks (2x2) m2 12. Tersedia gerbang pemeriksaan / boom checker, terletak di belakang GSB dengan maksimal ukuran 25m2 13. Tersedia papan nama hotel (hotel sign board) dengan desain yang baik, jelas & mudah terlihat. 14. Tersedia penanda arah menuju fasilitas hotel dengan desain yang baik, jelas & mudah terlihat. 15. Tersedia penanda arah menuju jalan keluar yang aman (evacuation sign) dengan desain baik, jelas & terlihat. 16. Tersedia tiang bendera 17. Tersedia pagar keliling bangunan yang didesain dengan baik 18. Lebar drop oďŹ&#x20AC; minimal 6m untuk menampung 2 mobil 19. Material drop oďŹ&#x20AC; heavy duty dan tidak licin 20. Tersedia ramp difable dari drop oďŹ&#x20AC; menuju teras bangunan (jika ada perbedaan elevasi) atau sampai masuk ke lobby.


INVENTARIS DATA

DETAIL ARSITEKTUR 1. Fasade bangunan yang menghadap ke Barat dan Timur memiliki bukaan lebih sedikit dibanding sisi Selatan dan Utara 2. Tersedia kanopi untuk menaungi teras & drop oďŹ&#x20AC; 3. Plafond drop oďŹ&#x20AC; & teras minimal 4 m agar cukup tinggi.

Âą5m

4. Fasade area parkir mobil didesain dengan baik

PARKIR 1. Tersedia parkir mobil dengan rasio 7 unit kamar untuk 1 mobil

Basement lt.1

2. Tersedia parkir motor terpisah dari parkir mobil

Basement lt.2

3. Tersedia parkir bus on ground 4. Tersedia parkir valet 5. Tersedia parkir khusus karyawan 6. Tersedia parkir loading/unloading barang 7. Sirkulasi yang baik (menerus tidak crossing) dilengkapi dengan marka/rambu jalan 8. Penerangan & penghawaan yang baik 9. Dimensi minimal satuan ruang parkir mobil 2.3mx4.5m 10. Dimensi minimal satuan ruang parkir motor 0.75mx2m 1 unit parkir mobil = 2 unit parkir motor 11. Dimensi minimal satuan ruang parkir bus 3mx12.5m 12. Lebar jalan 6m untuk parkir tegak lurus. 13. Kemiringan ramp 1:7, lebar minimal ramp lurus 3m. 14. Clearance mobil minimal 2.25 m (untuk parkir gedung) 15. Tersedia parkir untuk difable & dekat dengan lift 16. Car stopper (1 mobil berisi 2 car stopper) 17. Ada kolom protektor di kolom basemen 18. Tersedia water trap/gutter 19. Tersedia Area M/E (R.Genset,R.Engineering,dll) 20. Tersedia Exhause di area parkir Basement

1 car stopper


INVENTARIS DATA

KORIDOR 1. Lebar koridor minimal 1.8 m

( 2.5 m )

2. Floor to Ceiling koridor minimal 2.3 m 3. Pencahayaan & penghawaan baik 4. Penggunaan material kedap suara 5. Tersedia alat pemadam kebakaran 6. Tersedia pintu , tangga dan lampu darurat. 7. Tersedia plin lantai dinding

UNIT 1. Terdapat beberapa type unit kamar 2. Luasan kamar sesuai type unit 3. Floor to Ceiling Kamar unit min. 2,3 m 4. Tersedia kamar untuk difable termasuk kamar mandi dengan kebutuhan yang berbeda dan terhubung dengan sebelahnya 5. Tersedia pencahayaan dan penghawaan yang baik. 6. Tersedia perabot perlengkapan tidur, kerja, menyimpan barang, instalasi elektrikal dan elektronik dengan penataan yang baik (rapi, enak dilihat dan nyaman untuk bergerak) 7. Tersedia petunjuk informasi seperti denah lokasi kamar, akses darurat, arah kiblat, dan lain-lain 8. Tersedia kamar mandi dengan desain yang baik,lantai tidak licin dan memiliki kemiringan, tampilan sesuai tema. 9. Kelengkapan kamar mandi baik seperti closet, wastafel, dan shower, tempat sampah, dan peralatan mandi dengan tata letak yang baik, serta ketersediaan air dingin dan panas 10. Instalasi M/E di desain dengan baik (AC,Sprinkle,dll) 11. Terdapat area balkon di setiap unit

TANGGA 1. Kisaran tinggi tanjakan 10-18 cm, lebar pijakan 25-30cm (tangga kebakaran minimal 28cm) 2. Tinggi handrailing/pegangan tangan minimal 90 cm, tinggi pagar tangga minimal 1m

Tidak ada arah kiblat


INVENTARIS DATA

3. Terdapat handrailing di sisi kanan kiri tangga 4. Lebar bersih tangga minimal 1.2 m 5. Floor to Ceiling min. 2 m 6. Bangunan dengan 5 lantai ke atas harus mempunyai minimal 2 tangga kebakaran dengan lobby kedap asap (smoke stop lobby) 7. Jarak pencapaian ke tangga kebakaran dari setiap titik maksimal 25m tanpa sprinkler atau 40m dengan sprinkler 8. Bukaan pintu di lt.dasar/1 & lt.atap buka keluar dan di lt.tipikal buka ke dalam 9. Jarak tangga kebakaran ke koridor buntu maks. 15 m 10. Tersedia shaft pemadam kebakaran yang di dalamnya berisi tangga&lift kebakaran, serta smoke stop lobby. 11. Tersedia refuge ďŹ&#x201A;oor (jika>24 lantai, diletakkan setiap 20 lantai) 12. Material lantai tangga kebakaran tidak licin 13. Terdapat step nosing pada setiap anak tangga

FASILITAS 1. Tersedia taman dan lanskap,baik indoor & outdoor 2. Tersedia ruang restoran dengan luasan yang cukup, pencahayaan&penghawaan yang baik,jumlah meja & kursi yang memadai 3. Tersedia ruang meeting dengan luasan yang cukup, dilengkapi dengan perlengkapan&peralatan audio visual, serta merupakan ruangan kedap suara. 4. Tersedia sarana olahraga, rekreasi, kebugaran (ďŹ tness center/kolam renang/spa/lapangan tennis) 5. Tersedia tempat ibadah / mushola 6. Tersedia pusat layanan bisnis (bussines center)

LOBBY UTAMA & LIFT 1. Area lobby memiliki tampilan yang menarik (desain interior khusus) sebagai area penerima tamu.


INVENTARIS DATA

2. Area lobby memiliki pencahayaan & penghawaan yang baik 3. Di area lobby tersedia ruang resepsionis/front oďŹ&#x192;ce, ruang tunggu/lounge, dan toilet publik 4. Di area lobby tersedia lift tamu yang terpisah dari lift servis 5. Lobby & Area fasilitas dapat diakses secara bebas 6. Lantai unit kamar hanya dapat di akses menggunakan kartu akses / menggunakan lift khusus.

AREA PENUNJANG 1. Toilet publik dipisahkan antara pria dan wanita. 2. Terdapat toilet penyandang cacat 3. Toilet publik memiliki penghawaan dan pencahayaan yang baik 4. Terdapat Janitor di area servis


A brilliant design always beneďŹ t from the input of others. Zaha Hadid.

Hasil Desain


H N A E C O E TH

L E OT

Banyuwangi merupakan kota paling timur di Pulau Jawa dan berada tepat di tepi pulau sehingga kota ini menjadi wajah Pulau Jawa. Hotel yang didesain berada di kota ini dengan jarak dari pantai tidak lebih dari satu kilometer. Kapal sebagai salah satu ciri khas kota pelabuhan menjadi inspirasi dari konsep hotel bintang 4 yang didesain ini. Letak kota yang berada di antara laut dan gunung turut memperkaya ide-ide dalam desain hotel ini.


Hotel apartemen DAMAC Esclusiva ini berlokasi di Riyadh. Penggunaan unsur bidang sebagai mahkota dari bangunan ini dapat diinterpretasikan sebagai sebuah layar dari suatu kapal. Konsep tersebut yang akhirnya kami terapkan dalam desain hotel kami.

Botanica Khao Yai menerapkan unsur-unsur air dan bukit pada desain lanskapnya. Permainan unsur air, vegetasi, dan bukit-bukit tersebut kami gunakan pada desain lanskap hotel kami karena sesuai dengan karakteris k Banyuwangi dan juga karena memunculkan kesan yang menarik pada lanskapnya.

Banyuwangi terletak di antara laut dan gunung. Unsurunsur laut dan gunung tersebut diterapkan dalam desain lanskap hotel ini dengan unsur laut pada bagian barat lahan dan unsur gunung/hutan pada bagian murnya. Hal ini bertujuan untuk menciptakan desain lanskap yang unik dan menarik.

Salah satu hal yang berkaitan erat dengan laut adalah kapal. Bentuk layar kapal diinterpretasikan kedalam bentuk geometris lalu diterapkan pada desain bangunan hotel. Proses ini menciptakan sebuah desain mahkota bangunan yang dinamis.

Bentuk gelombang air laut yang disederhanakan diterapkan pada fasad bangunan. Hal ini dak hanya menciptakan fasad bangunan yang memiliki kesan gelombang namun juga memunculkan ruang unit kamar hotel dengan bentuk trapesium sehingga penghuni mendapatkan pengalaman menginap yang berbeda.

Lahan hotel ini memiliki bentuk yang seakan-akan terbagi menjadi dua area, hal ini memunculkan massa bangunan yang terbagi menjadi dua massa. Sebagai penghubung, didesain massa ke ga berbentuk menara di antara kedua massa tadi. Menara ini juga menjadi fokus bagi orangorang yang melihat bangunan hotel ini.


Detail Arsitektural Ground Floor

IN

1

2

3

4

2 1 OUT

4

TANGGA KEBAKARAN RUANG SERVIS LIFT KEBAKARAN+SERVIS LIFT PENGUNJUNG SIRKULASI TAMAN

3

Ground Floor


TANGGA KEBAKARAN RUANG SERVIS LIFT KEBAKARAN+SERVIS LIFT PENGUNJUNG SIRKULASI TAMAN

DENAH UNIT

DENAH LANTAI 2


TANGGA KEBAKARAN RUANG SERVIS LIFT KEBAKARAN+SERVIS LIFT PENGUNJUNG SIRKULASI TAMAN

TANGGA KEBAKARAN RUANG SERVIS LIFT KEBAKARAN+SERVIS LIFT PENGUNJUNG SIRKULASI TAMAN

DENAH LANTAI 3

DENAH LANTAI 4


2

3

1 1. Perspek f eksterior malam hari 2. Suasana kolam renang 3. Suasana interior unit


E Z Z I L E T O H

Hotel IZZE adalah hotel bintang empat yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, Sulawesi Selatan. Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Mongosidi Baru merupakan salah satu pusat keramaian di Makassar. Hotel di atas lahan seluas 3494m2 ini didesain dengan konsep modern dan elegan yang memasukkan unsur Kain Sekang ke dalam desain. Hotel ini akan memberikan pengalaman yang berbeda.


KONSEP Kain Tenun Sengkang khas Makassar menjadi inspirasi dalam pengolahan denah pikal Hotel IZZE. Mo f kain ini juga digunakan pada landscape hotel sehingga dapat menjadi ciri khas dari hotel ini.

Hotel ini juga dirancang dengan menggunakan konsep ramah lingkungan atau “Green Building”. Konsep ini diterapkan pada pengolahan air pada bangunan dengan alah satunya dengan rain water harves ng dan juga pada penggunaan energi yang efisien

TRANSFORMASI MASSA

VERTICAL ROOM DISTRIBUTION 13

Sky Lounge & Executive Bar

4-12 3

Guest Rooms Swimming Pool, Fitness Center, Spa & Restaurant

UG G

Meeting Rooms & Office Reception, Lobby Lounge & Ballroom

B1

REFERENSI HOTEL

Blok masa dari area yang dapat dibangun menjadi bentuk masa memanjang

`

Area tower dimundurkan dan bagian bawah menjadi podium

Membentuk masa dari denah pikal tower sehingga menjadi lebih iconic

Hanya dapat diakses menggunakan lift publik Dapat diakses oleh lift publik & lift private

Car Parking Mall Loading/Unloading

Hanya dapat diakses menggunakan lift private


DENAH LANTAI 2

DENAH LANTAI DASAR FASILITAS SIRKULASI

AREA SERVIS LANDSCAPE JALAN

DENAH LANTAI 3

SIRKULASI KENDARAAN FASILITAS SIRKULASI

AREA SERVIS


-DENAH LANTAI 7-10

DENAH UNIT KAMAR

DENAH LANTAI 4-6 dan 11-12

FASILITAS SIRKULASI

AREA SERVIS UNIT KAMAR

GROSS AREA : 843 m2 SEMI GROSS AREA : 696 m2 NETT AREA : 576 m2

82.6% 68.3%


Swimming Pool 476 m2 958 m2

179 m2

482 m2

C/R

179 m2

LOBBY

26% 2.93

KLB :

36 Lot 156 Unit

m2 m2 m2 m2 m2 m2

26 26 17 95 138

SP/ME

HOTEL

12,779

m2 m2 m2 m2 m2

3,494 14,034 12,779 1,255 10,223 898

91 91 226 650 1,058

BOH

KDB :

Carpark Lot Jumlah Unit Hotel

Luas Lahan DP Ne Total GFA Gross (diluar Parkir) Gross Parkir Gross Ijin Ground Floor

ATAP LT ATAP 13 12 11 10 9 8 7 6 5 4 3 2 1 B1

Jmlh Lt

Departemen Desain per 25 Jan 2017

Architect Indomegah

"HOTEL AKAMORE MAKASSAR"

PERHITUNGAN LUAS

m2 m2 m2 m2 m2

843 843 843 843 843 843 843 843 843

m2 m2 m2 m2 m2 m2 m2 m2 m2

Gross

2,859 m2 7,587 m2

1267 m2 487 m2 345 m2

760 m2

FAS

m2

156

19 16 16 16 16 16 19 19 19

Unit

Jumlah Unit HOTEL TOTAL

1255 m2 1,255 m2

PARKIR

36 36

156

PARKIR (lot)

unit

Carpark, BOH, SPME

Fasilitas Mee ng, prefunc on, BOH Hall, lobby, lounge, ballroom

Unit Hotel Unit Hotel Unit Hotel Unit Hotel Unit Hotel Unit Hotel Unit Hotel Unit Hotel Unit Hotel

Sky Lounge

FUNGSI

kebutuhan parkir 31 Lot 31 Lot

480 600 600

DETAIL ARSITEKTURAL GROUND FLOOR 20%

20%


2

3

1 1. Perspek f eksterior malam hari 2. Suasana kolam renang 3. Suasana interior unit


KESIMPULAN

SARAN

A. Proses yang Dilakukan 1. Referensi Pada tahap ini, kami mengumpulkan dan mempelajari berbagai informasi terkait hotel bintang 4 mulai dari deďŹ nisi hotel itu sendiri, sejarah hotel dari pertama ditemukan hingga saat ini, unsur-unsur pikal yang sering muncul pada hotel, kriteria pengklasiďŹ kasian hotel, hingga operator-operator hotel ternama yang ada di dunia maupun di Indonesia. 2. Studi Preseden Pada tahap studi preseden kami mencari dan mempelajari 4 hotel di Asia dan 4 hotel di Indonesia yang semuanya merupakan hotel bintang 4. 3. Survei Setelah melakukan studi preseden, kami mulai melakukan survei ke 8 hotel bintang 4 di Jakarta. Survei ini dilakukan dengan cukup detail yaitu dengan memperha kan bagian-bagian bangunan hotel mulai dari lobby hotel, unit kamar, koridor, hingga area parkir hotel. 4. Analisis Hasil Survei Data-data yang kami dapatkan dari tahap survei di tahap ini kami analisis. Analisis dilakukan dalam beberapa aspek seper fasilitas-fasilitas yang ada, dimensi unit kamar dan peletakan perabot di dalamnya, denah pikal hotel, dan pada beberapa hotel analisis dilakukan hingga ke sistem pengorganisasian ruang di bagian podium hotel. Analisis terkait standar juga kami lakukan pada 8 hotel yang telah disurvei tersebut. 5. Desain Setelah melakukan berbagai pembelajaran tentang hotel bintang 4, kami memulai merancang hotel bintang 4 yang berlokasi di Banyuwangi dan Makassar. Tim kami yang beranggotakan 4 orang dibagi menjadi dua m kecil untuk mengerjakan kasus perancangan tersebut. 6. Presentasi Tahap akhir yang kami lakukan yaitu tahap presentasi. Pada tahap ini kami mempresentasikan segala hal yang telah kami jalani selama program internship mulai dari proses belajar tentang hotel hingga hasil dari proses desain yang kami lakukan.

1. Saran untuk Pembaca Proses peneli an sebelum memulai merancang merupakan hal yang baik untuk dilakukan karena sangat membantu proses yang akan dilakukan setelahnya. 2. Saran untuk Architect Indomegah Program Internship ini memberikan banyak manfaat kepada para pesertanya sehingga kami rasa sangat baik jika terus diadakan secara ru n. 3. Saran untuk Ins tusi Kampus Instansi kampus perlu membuka kesempatan seluas-luasnya bagi para mahasiswa untuk melakukan internship baik dengan mengenalkan mahasiswanya dengan beberapa perusahaan atau biro yang dianggap baik maupun dengan dukungan-dukungan lainnya.

REFERENSI SK: Kep-22/U/VI/78 oleh Direktur Jenderal Pariwisata

B. Pembelajaran Pen ngnya memahami kasus perancangan yang akan dilakukan. Pemahaman tersebut akan sangat membantu arsitek dalam proses merancang baik secara sadar maupun tak sadar. Proses pembelajaran seper studi mengenai deďŹ nisi dari pologi yang dirancang, studi preseden, survei ke bangunan-bangunan dengan pologi dan kelas yang sama memberikan pengetahuan-pengetahuan yang secara dak langsung menjadi standar dalam merancang.

Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Krea f Republik Indonesia Nomor PM.53/HM.001/MPEK/2013 listsurge.com hotelier-indonesia.com

C. Suka Duka 1. Waktu desain sangat singkat sehingga hasil desain kurang maksimal. Waktu yang singkat juga menyebabkan kesempatan bagi penulis untuk mengasistensikan desainnya kepada pembimbing sangat sedikit. 2. Jadwal internship yang bentrok dengan kuliah. Kegiatan-kegiatan di kampus yang harus dihadiri seper perwalian dengan dosen wali, pengurusan izin untuk internship, hingga asistensi dengan dosen pembimbing menyebabkan beberapa anggota m harus pergi ke Bandung untuk memenuhi hal-hal tersebut. Hal ini dirasa cukup merepotkan karena fokus masing-masing anggota m menjadi terbagi-bagi. D. Manfaat 1. Penulis Pengalaman dan pembelajaran terkait proses mendesain yang diawali dengan proses belajar terkait kasus perancangan yang sedang dikerjakan. Buku ini juga menjadi bentuk dokumentasi yang dapat dijadikan referensi untuk merancang hotel bintang 4 di waktu yang akan datang. 2. Pembaca Buku ini dapat menjadi sumber pengetahuan bagi pembaca mengenai hotel bintang 4 mulai dari deďŹ nisi, sejarah, hingga informasi-informasi tentang beberapa hotel di Indonesia. Pembaca yang sedang mengerjakan perancangan hotel pun dapat menjadikan buku ini sebagai referensi dalam merancang 3. Ins tusi Buku ini dapat memperkaya sumber referensi milik ins tusi yang nan nya diharapkan dapat bermanfaat pula bagi para mahasiswa yang membacanya.

slideshare.net/subandrioo/perancanganhotelbintang4?from_ac on=save

Booklet Tim ITB-Indomegah  

Hasil dokumentasi tentang tipologi hotel bintang empat pada program magang di PT. Indomegah

Booklet Tim ITB-Indomegah  

Hasil dokumentasi tentang tipologi hotel bintang empat pada program magang di PT. Indomegah

Advertisement