Issuu on Google+

PENGUSUNG MODERNISASI BATIK DARI PESISIR UTARA

DUH, MAHALNYA HARGA OBAT!

Pekalongan terus tumbuh sebagai produsen batik terkemuka di Tanah Air. Generasi muda pun sudah disiapkan untuk melanjutkan tongkat estafet.

Diperkirakan, hanya 1% masyarakat Indonesia yang mampu membayar obat untuk menyembuhkan sakit berat.

Fokus Nusantara, Hlm 22-23

Kesehatan, Hlm 12

MI/AKHMAD SAFUAN

Pemasangan Iklan & Customer Service: 021 5821303 No Bebas Pulsa: 08001990990 e-mail: cs@mediaindonesia.com Rp2.900/eks (di luar P. Jawa Rp3.100/eks) Rp67.000/bulan (di luar P.Jawa + ongkos kirim)

ANTARA/ROSA PANGGABEAN

R A B U , 5 O K T O B E R 2 011 | N O .1116 3 | TA H U N X L I I | 2 8 H A L A M A N

EDITORIAL

Yang Waras Mengalah RAPAT konsultasi antara pimpinan DPR dan penegak hukum berakhir antiklimaks. Setelah dibiarkan berlangsung suka-suka, rapat berakhir mengambang, tanpa ada kesimpulan. Berlangsung suka-suka karena dalam rapat yang digelar Senin (3/10) itu DPR seenak udel menguliti, bahkan mengata-ngatai KPK sebagai teroris baru. Yang terjadi bukan rapat konsultasi, melainkan penghakiman, bahkan penghinaan, terhadap KPK. Substansi rapat yang seharusnya membahas soal penyamaan persepsi terkait dengan pemeriksaan pimpinan Badan Anggaran DPR melebar jauh hingga usul pembubaran KPK. Ada anggota DPR bahkan yang menggurui KPK perihal hukum dengan nada memarahi. Rapat yang berlangsung hampir 2 jam itu dihadiri seluruh pemimpin DPR, pemimpin Komisi III DPR, dan pemimpin fraksi-fraksi DPR, serta Kapolri Jenderal Timur Pradopo, Jaksa Agung Basrief Arief, dan empat komisioner KPK kecuali Bibit Samad Rianto. Dalam rapat yang dipimpin Ketua DPR Marzuki Alie itu, pimpinan Komisi III DPR yang menjadi mitra kerja KPK justru menghujani Ketua KPK Busyro Muqoddas dan jajarannya dengan serangan bertubi-tubi. Kapolri dan Jaksa Agung hanya menjadi penonton. Serangan pimpinan komisi hukum dalam rapat terbuka itu pada hakikatnya merupakan intervensi atas peneSilakan tanggapi Editorial ini melalui: gakan hukum yang semediaindonesia.com dang dilakukan KPK. Ketua Komisi III DPR Benny K Harman, misalnya, menyebut KPK sebagai teroris baru bagi anggota DPR. Menurut politikus Partai Demokrat yang namanya juga disebut-sebut tersangka Nazaruddin itu, akibat sikap KPK, anggota dewan tidak tenang menjalankan tugas. Setali tiga uang, Fahri Hamzah, Wakil Ketua Komisi III dari PKS, mengusulkan KPK dibubarkan. Menurut dia, di negara demokrasi tidak ada lembaga superbodi. Sangat jelas, pimpinan Komisi III DPR seperti hendak membasuh muka dengan air liur. Maksud hati ingin menutupi aib dewan terkait dengan mafia anggaran, yang terjadi malah menambah aib. Mereka mempertontonkan kesombongan, kepongahan, sekaligus kekerdilan jiwa. Mestinya, bila anggota DPR tidak terkait dengan mafia anggaran, pemeriksaan pimpinan banggar tidak perlu membuat mereka kebakaran jenggot. Sikap ultradefensif itu justru mengindikasikan memang ada permainan anggaran yang dilakukan secara terstruktur dan masif. Pimpinan KPK menanggapi dingin arogansi DPR, bahkan mengalah. Pimpinan KPK sepertinya memegang falsafah bahwa yang waras sebaiknya mengalah. Yang waras memang tahu siapa yang tak waras, sebaliknya yang tak waras mana tahu dia tak waras. Namun, jauh lebih waras kalau yang waras mengambil langkah berani tak menghadiri pertemuan yang tak waras itu.

Jauh lebih waras kalau yang waras mengambil langkah berani tak menghadiri pertemuan yang tak waras itu.”

PAUSE

Obesitas dan Bekerja KELEBIHAN berat badan selalu menjadi masalah serius. Selain menghambat mobilitas, kegemukan juga rentan penyakit Penelitian Pusat Penelitian Kesehatan AS yang dipimpin Dr Erin S LeBlanc mengungkapkan program terapi perilaku saat bekerja dapat membantu seseorang menurunkan berat badan rata-rata 3,18 kg dalam waktu 12 bulan. Terapi itu, di antaranya, memanfaatkan tangga beberapa lantai gedung sebelum meneruskan dengan lift. LeBlanc mengatakan terapi itu lebih baik daripada cara menerabas, misalnya mengonsumsi obat-obatan, sedot lemak, dan pengobatan alternatif yang menyisakan efek samping. (Reuters/*/X-5)

Menkeu Akui Ambil Proyek Kemenakertrans Tamsil Linrung yakin tidak akan menjadi tersangka kasus dugaan suap proyek di Kemenakertrans. ARYO BHAWONO

S

EMAKIN terkuak lika-liku munculnya proyek percepatan pembangunan infrastruktur daerah (PPID) transmigrasi Kemenakertrans senilai Rp500 miliar yang berujung masalah itu. Menteri Keuangan Agus Martowardojo seusai diperiksa KPK, kemarin, mengakui proyek PPID transmigrasi itu masuk anggaran Kementerian Keuangan. Karena itu, ia memerintahkan agar pejabat Kemenkeu yang diduga terlibat kasus suap proyek tersebut diperiksa. Namun, Agus menegaskan proyek PPID itu melalui persetujuan pemerintah dan DPR. Terdapat tujuh kali pertemuan antara Dirjen Perimbangan Keuangan (saat itu) Marwanto Harjowiryono dan Badan Anggaran DPR membahas hingga menyetujui dana Rp500 miliar. Agus menambahkan Kemenkeu menjaga integritas lembaga. Karena itu, jika muncul informasi ada oknum di Kemenkeu yang nakal, langsung ditindak. Menkeu diperiksa sebagai saksi untuk tiga tersangka kasus tersebut yakni Sesditjen Pembinaan Pembangunan Kawasan Transmigrasi (P2KT) I Nyoman Suisnaya, Kabag Program, Evaluasi, dan Pelaporan Ditjen P2KT Dadong Irbarelawan, serta pengusaha Dharnawati. Ketiga tersangka itu ditangkap KPK pada 25 Agustus dengan barang bukti uang Rp1,5 miliar.

Sebelumnya Menakertrans Muhaimin Iskandar seusai diperiksa KPK pada Senin (3/10) mengatakan proyek PPID transmigrasi itu merupakan program yang dicaplok Kemenkeu dari Kemenakertrans. Selain Menkeu, KPK juga memeriksa mantan Kepala Seksi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Ditjen Pajak Kemenkeu Sindu Malik. Namun, Sindu menolak berkomentar seusai diperiksa 7 jam. KPK telah memeriksa sejumlah orang terkait dengan kasus tersebut termasuk empat pemimpin Banggar DPR yakni ketua Melchias Markus Mekeng (Golkar) beserta wakil ketua Tamsil Linrung (PKS), Olly Dondokambey (PDIP), dan Mirwan Amir (Demokrat). Bahkan Tamsil dan Olly sudah dua kali diperiksa. Tamsil yakin tidak akan menjadi tersangka. Alasannya, kata dia, yang di lakukan dalam pembahasan PPID transmigrasi itu sesuai konstitusi. Berulang kali Pada kesempatan terpisah, Menko Perekonomian Hatta Rajasa membantah ada permainan saat penyusunan anggaran. Semua proses dilakukan dari bawah ke atas dan dibahas berulang kali dalam musyawarah renca na pembangunan oleh kementerian/lembaga terkait. Tetapi, Dharnawati seusai diperiksa di Gedung KPK, Jakarta, tadi malam, menyebutkan sekitar 10 perusahaan penggarap proyek PPID turut menyetor kepada Sindu Malik dan Acos alias Iskandar Prasojo. Mereka menyetor 10% dari nilai proyek untuk dibagi kepada Kemenkeu dan Banggar. (*/Ant/X-4) bhawono@mediaindonesia.com

MI/ADAM DWI

PENUHI PANGGILAN KPK: Menkeu Agus Martowardojo mengacungkan jempol sebelum menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, kemarin.

Usulan Pembubaran KPK Melawan Kehendak Rakyat USULAN pembubaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dilontarkan Wakil Ketua Komisi III (F-PKS) DPR Fahri Hamzah ditolak berbagai kalangan baik dari internal maupun di luar dewan. “Kalau mau bubarin KPK, lawan dulu rakyat. Rakyat masih cinta KPK,” tegas anggota Komisi III (F-PD) Ruhut Sitompul di gedung parlemen, Jakarta, kemarin. “Yang membuat rakyat ini miskin adalah korupsi. Untuk itu Partai Demokrat selalu mendukung KPK, kita masih membutuhkan KPK.” Sekretaris Fraksi PAN Teguh Juwarno sepaham dengan Ruhut. “Gagasan itu (pembubaran) harus disingkirkan jauhjauh,” tukasnya. Di sisi lain, Ketua DPP PPP Muhammad Arwani Thomafi menyatakan usulan itu aneh. “Tapi bahwa DPR harus melakukan pengawasan terhadap kinerja KPK secara kritis, saya sependapat.” Fahri kembali menyuarakan wacana pembubaran KPK dalam rapat konsultasi antara pimpinan DPR, fraksi, Polri, Kejaksaan Agung, dan KPK di gedung parlemen Senin (3/10). Fahri menilai ki-

nerja KPK hanya mencari popularitas. Suara yang menolak pembubaran itu juga disampaikan Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar. Menurutnya, itu hanya dinamika demokrasi di parlemen. “Pemerintah berpikir KPK itu sangat penting (untuk) kita pertahankan, kita berdayakan,” tuturnya. Koordinator Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia Sebastian Salang berpendapat usulan Fahri itu tidak akan didukung rakyat. Di lain tempat, Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhie Massardi menegaskan wacana itu sudah keluar dari akal sehat. Saat menanggapi banyaknya kritik atas usulannya itu, Fahri mengatakan tidak masalah. Dia mengaku siap berdebat dengan siapa pun terkait dengan pikirannya itu. “Saya hadapi. Kalau menegur, silakan,” ujarnya. Ketua Fraksi PKS Mustafa Kamal menyatakan pada prinsipnya partainya mendukung penuh upaya pemberantasan korupsi dan KPK masih diperlukan. Apa yang dilakukan Fahri, ujarnya, bagian dari pengawasan. (Wta/*/X-5)

ANTARA/M AGUNG RAJASA

KONDISI TOL: Kendaraan antre keluar pintu tol Halim di Jakarta Timur, kemarin. Menurut rencana, tarif 14 ruas tol akan dinaikkan mulai 7 Oktober 2011 pukul 00.00 WIB.

Peraturan Penaikan Tarif Tol Diskriminatif KETUA Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sudaryatmo menilai peraturan tentang penaikan tarif tol setiap dua tahun yang disesuaikan dengan inflasi merupakan ketentuan yang diskriminatif. “Hanya jalan tol yang memiliki ketentuan seperti itu. Infrastruktur lain tidak ada. Penaikan tarif tol seharusnya juga berbanding lurus dengan keuntungan yang diterima pengguna,” kata Sudaryatmo di Jakarta, kemarin. Dia juga meminta pemerintah mewajibkan operator untuk mengumumkan standar pelayanan minimum (SPM) yang telah diberikan ke publik. “Janganlah terbiasa menjebak konsumen dengan penaikan tarif ini, operator hanya berjanji meningkatkan pelayanan, tetapi tak pernah tahu pelayanan itu apa,” kata Sudaryatmo. Namun, Menteri Pekerjaan Umum

(PU) Djoko Kirmanto menyatakan SPM bukan kewajiban operator, melainkan tugas Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). “Yang jelas, sebelum mengajukan penaikan tarif, SPM-nya harus terpenuhi dulu,” tutur Djoko dalam jumpa pers di Kementerian PU, Jakarta, kemarin. Menurut rencana, tarif 14 ruas tol akan dinaikkan mulai 7 Oktober 2011 pukul 00.00 WIB. Dasarnya ialah Pasal 48 ayat 3 Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan yang mengatur penaikan tarif tol dilakukan setiap dua tahun dan disesuaikan dengan besaran angka inflasi. Djoko menyatakan tol merupakan jalan alternatif yang sudah ada dan pada dasarnya dibiayai masyarakat pengguna jalan. Namun, dana pembangunan dan pengelolaannya ditalangi terlebih dahulu oleh investor. “Intinya, penyesuaian tarif tol ini tujuannya tidak lain hanyalah untuk mengembalikan nilai uang yang menurun akibat tergerus inflasi.” Sesuai dengan hasil penelitian dari Pusat Penelitian dan Pengembangan PU, Djoko optimistis penaikan tarif tol hanya akan memengaruhi ongkos angkutan sebesar 0,3%, biaya transportasi 0,5%, dan kenaikan harga barang 0,01%. (NG/Ant/I-1) Berita terkait hlm 7


2

RABU, 5 OKTOBER 2011

INTERUPSI

B E R I TA U TA M A

Operator CASA Diduga Langgar Prosedur

Muhaimin Sudutkan Posisi Kemenkeu PENGANTAR POSISI Kemenkeu dalam kasus suap di Kemenakertrans kian tersudutkan. Proyek percepatan pembangunan infrastruktur daerah (PPID) transmigrasi senilai Rp500 miliar disebut sebagai program yang dicaplok dari Kemenakertrans ke Kemenkeu. Itulah fakta yang terungkap seusai KPK memeriksa Menakertrans Muhaimin Iskandar, Senin (3/10). Muhaimin mengatakan proyek PPID se-

Cari Kambing Hitam

Pejabat Banci

BIASALAH kalau sudah kepepet, terus cari kambing hitam. Supadiyo Aja

KAYAKNYA bagus kalau pejabat pakai rok saja ya.... Aran Todingkulla’

Ingin Menghindar

Tersudut

SEPERTINYA dia cuma berjuang untuk menghindari kasusnya doang. Hehehe.... Monyet Lupa Hutan

BIASALAH... orang, kalau sudah salah, biasanya menyudutkan orang lain. Masuk akal nggak sih proyek pembangunan transmigrasi katanya bukan proyek kementerian transmigrasi? Imin... Imin... ckckck... kowe sudah korup, banci, pengecut, bodoh pula. Yohanes Enzelin Milanisti

Cari Alasan ANTARA/PK-UAA

PENGANTAR MUSIBAH jatuhnya pesawat CASA 212-200 di perbukitan Bahorok, Langkat, Sumatra Utara, Kamis (29/9), diduga disebabkan kesalahan operator yang melanggar prosedur operasi standar (SOP) pengoperasian pesawat. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bhakti menyatakan hal itu di Jakarta, Senin (3/10). “Di tengah jalan, bila pilot menemukan perubahan cuaca yang tidak memungkinkan untuk lanjut, SOP-nya kan kembali atau lewat jalur lain,” ujarnya.

Pesawat CASA 212-200 itu terbang dari Bandara Polonia, Medan, Kamis, pukul 07.28 WIB, tujuan Kutacane, Aceh Tenggara. Seharusnya pesawat mendarat di Bandara Alas Leuseur, Kutacane, pukul 08.03. Namun, 10 menit menjelang pendaratan, Air Traffic Control Bandara Polonia melaporkan pesawat hilang kontak. Jatuhnya pesawat buatan 1989 tersebut mengakibatkan 14 penumpang, 1 pilot, dan 3 kru tewas (Umum, hlm 1, 4/10). Berikut tanggapan pembaca.

CARI-CARI alasan, Pak Imin... sudah mulai terpojok. Lalu Juli Hidayat

Sesama Garong

Sama-Sama Salah SUDAH... jangan pusing-pusing, seret keduanya. Kan saling berkaitan. Tinggal tentukan yang mana saja yang hukumannya paling berat. Ariyanto Ant Toant

Kok Menyalahkan? KAYAKNYA baru di zaman sekarang menteri gontok-gontokan. Johannes Peters Wijaya

Audit Ulang

Regulator Harus Tegas

SEMUA pesawat yang layak terbang harus diaudit. Jangan sampai pesawat rongsokan dipakai mengangkut manusia. Ingat penilaian maskapai penerbangan Eropa bahwa pesawat yang dipakai di Indonesia banyak yang tidak layak diterbangkan. M Rahmat

MASKAPAI harus menjamin keselamatan penumpang dalam penerbangan dengan menjalankan SOP yang benar. Regulator harus tegas menindak maskapai bila ditemukan ada pelanggaran prosedur SOP. Kresnanda

nilai Rp500 miliar itu tidak masuk mata anggaran kementeriannya. “Bukan DIPA (daftar isian pelaksanaan anggaran) dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans),” kata Muhaimin seusai diperiksa pada pukul 15.03 WIB. Ia tiba di KPK pukul 07.50 (Berita utama, Hlm 1, 4/10). Berikut tanggapan pembaca.

Masuk Akal

SESAMA garong dilarang sikutsikutan. Mang Adeng Karuhun Barang

Usut Saja! USUT saja kekayaan para kerabat orang-orang yang diduga melakukan korupsi. Biasanya (mereka) bertransaksi menggunakan nama orang lain. Bisa keluarga atau bawahan mereka. Panca Setiawan

MASUK akal juga, tapi itu juga tidak salah apabila tujuannya mempertajam pencapaian target yang mata anggarannya sudah disetujui. Haerudin Tea

Biar saja Berkelahi YA, begitu, dong, biar mereka saja yang berkelahi. Jangan rakyat yang diadu. Muhammad Thamrin Full

Pecat!

Prihatin

Tidak Ada yang Jantan

Saling Tuduh

PECAT saja itu petugasnya!

KOMUNIKASINYA kalah sama taksi, dong. Prihatin.... ArifRahman Tunggaralagi Danlagi

IMIN... Imin, benar-benar kebangetan! Adakah pejabat Indonesia yang jantan? Indjee Noeckoa

KALAU jadi tersangka, ya saling tuduhlah. Frans Liando

Winandar Dwi

Pelanggan Jadi Korban

Kesalahan Operator

KUALITAS belakangan, yang penting untung. Customer hanya menjadi korban. Abdun Dk

OPERATOR kok sepertinya turut berperan dalam mencetak angka kematian, ya? Hehehe.... Monyet Lupa Hutan

Tidak Berfungsi

Kok Bisa?

Banyak Alasan HAHAHAHA... kebangetan, banyak alasan, takut kedoknya terbongkar. Ucup Gunawan Wibisono

BAGAIMANA bisa sebuah program transmigrasi diambil Menteri Keuangan? Waduh.... Imin... Imin. Muhamad Ihsan

Hal yang Biasa

SETAHU saya di Bandara Kutacane itu radio bandara tidak berfungsi jadi komunikasi pilot dengan bandara hanya menggunakan ponsel. Itu pernah saya alami ketika mau pulang ke Medan memakai pesawat NBA. Yusal Piansyah

BUKAN hal yang mengagetkan, sudah menjadi hal biasa, melanggar nggak melangar, yang penting setoran jalan. Akar Rumput

Semua Salah

Musibah

SAYA sih lebih percaya bukan hanya kesalahan operator. Pasti semua jajaran juga salah. Operator saja bisa melanggar, bagaimana yang lainnya? Reza Pahlevi

YA musibah. Odink Camaroe

Pentingkan Keuntungan

Peran Menteri?

BEGITULAH kalau penganut liberalisme, hanya mementingkan keuntungan (bisnis men?!). Jepang Komunicy Selalu

MENTERI lagi yang kena sorotan.... Kerjanya apa saja ya? Frans Liando

Sudah Musibah

Saling Menyalahkan

YA namanya juga musibah, secanggih apa pun itu pesawat, kapal, atau yang lainnya, kalau sudah musibah, mau diapain lagi. Sudahlah, nggak usah saling menyalahkan. Ksatria Ghodel

JANGAN saling menyalahkan karena siapa yang melanggar pasti menanggung akibatnya. Itulah yang terjadi sekarang. Yeyen Alpacino MI/RAMDANI

M E G A P O L I TA N

Sebanyak 50% Hidran di Jakarta tidak Berfungsi PENGANTAR BENCANA kebakaran di Ibu Kota sulit diatasi karena banyak hidran yang tidak berfungsi. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Paimim Napitupulu, di Jakarta, Senin (3/10), mengakui beberapa kendala dalam menangani kebakaran. Salah satunya ialah permasalahan hidran air (sumber air) yang ada di wilayah DKI. “Sumber air tidak bisa lagi menjadi andalan,” keluh Paimin. Dia mengatakan, dari total 1.418 hidran air yang tersebar di Jakarta, sebanyak 700 lebih tidak berfungsi. Di antaranya akibat ulah tangan jahil yang mengambil kopling (tutup) hidran yang terbuat dari kuningan (Megapolitan, Hlm 6, 4/10). Berikut tanggapan pembaca. MI/SUSANTO

Pemerintah Harus Bertindak

Tugas Instansi Terkait

JAKARTA sudah habis, musim penghujan banjir di mana-mana. Yang jadi masalah utama, saluran resapan air yang tidak berfungsi. Itu kalau musim penghujan. Nah sekarang ini musim kemarau, api yang datang. Yang jadi masalah adalah hidran yang tidak berfungsi karena kering terpanggang kemarau. Lantas, dari tahun ke tahun Jakarta menghadapi masalah yang sama, lantas pemecahannya hanya dirancang dan dirancang, kapan akan membaik? Pemerintah harus bertindak. Sang Petualang

YA, seharusnya instansi yang terkait, dalam hal ini dinas pemadam kebakaran, sudah mengantisipasi masalah ini. Periksa dan cek semua hidran yang ada. Jangan menunggu kebakaran datang baru pada repot semua. Enggak benar kalau begini. Betawie Pamoelank Be-p

Sering Dicek Dong YA, makanya sering dicek. Masak ngecek gitu aja harus izin ke dewan keamanan PBB. Perkin Wiratama

Hanya Hiasan HIDRAN kok hanya untuk hiasan di jalan atau gedung. Punya alat mesti bisa menjaganya. Hidran tabung semestinya tiap hari dicek kebersihan, berat, isi, dan tanggal kedaluwarsanya. Petugasnya memberi penyuluhan kepada masyarakat atau latihan keahlian fisik dan mental. Sebab, saat dilanda kebakaran, dibutuhkan tenaga yang menguras tenaga, terlebih napas juga harus kuat. Crbn Tia

Miniatur Indonesia INI miniatur dari keadaan Indonesia. Banyak bencana kemiskinan, kelaparan, pengangguran, putus sekolah, kekeringan, dan sebagainya. Sulit diatasi karena hidran-hidran untuk menyalurkan dana rakyat sudah dirusak, dicuri, dibengkokkan, digerogoti oleh tikustikus berdasi. Yohanes Enzelin Milanisti


P OLKAM

RABU, 5 OKTOBER 2011

3

Fakta Baru Suap Hakim Syarifudin Terdakwa berang karena menilai bahwa barangbarang bukti yang diajukan jaksa KPK tidak berhubungan. KRISTANTYO WISNUBROTO

S

EJUMLAH fakta baru terungkap dalam persidangan kasus suap terhadap hakim pengawas kepailitan PN Jakpus Syarifudin yang dilakukan kurator PT Sky Camping Indonesia (SCI) Puguh Wirawan. Salah satu fakta diungkapkan Khairul Poloan, kurator PT SCI, yang dihadirkan sebagai saksi dalam persidangan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, kemarin, dengan terdakwa Puguh Wirawan, kurator PT SCI. Dia membenarkan adanya upaya pemberian sejumlah uang kepada Syarifudin. Menurut Khairul, pemberian itu ditujukan untuk mengubah status tanah di kawasan Gunung Putri, Bogor, dengan sertifikat hak guna bangunan (SHGB) bernomor 7251 dari boedel pailit menjadi non boedel pailit. “Rencananya saya tolak. Saya tahu dia mau kasih (ke hakim Syarifudin),” katanya, menanggapi pertanyaan hakim anggota Albertina Ho. Sebelum membeberkan hal tersebut, Khairul sempat terba-

ta-bata menjawab pertanyaan hakim. Tak pelak, Ketua Majelis Hakim Mien Trisnawati pun memperingatkan Khairul agar tidak berbohong dalam memberi kesaksian. Lalu, majelis membacakan sebuah pesan singkat yang dikirimkan Puguh kepada Khairul. Pesan itu berisi, “HP (hakim pengawas Syarifudin) harus dijinakkan saya paham sikap bro M (Michael) tapi saya sudah komitmen dengan HP.” Menanggapi itu, Khairul yang menjadi kurator PT SCI sejak April 2008 itu mengaku, berkukuh menolak rencana Puguh tersebut. Semua proses pemberian itu, sambung dia, diatur oleh dua rekan kuratornya, yakni Puguh dan Michael Marcus Iskandar. “Saya udah kasih tahu (ke Puguh dan Michael) kalau itu tidak perlu. Saya tegaskan, saya tidak ikut,” ujarnya. Puguh didakwa telah membe rikan uang sebesar Rp250 juta kepada hakim pengawas Syarifudin agar memberikan persetujuan perubahan atas status aset PT SCI tanpa penetapan pengadilan. Perubahan status itu ditujukan agar aset dapat dijual. Terdakwa Puguh dikenai dakwaan kumulatif yaitu kesatu, Pasal 5 ayat 1 huruf a jo Pasal 18 ayat 1 huruf a UU Tipikor. Kedua, Pasal 5 ayat 1 huruf b jo Pasal 18 ayat 1 huruf a UU Tipikor dan ketiga, Pasal 13 jo Pasal 18 ayat 1 huruf a UU Tipikor.

Takut ngambek Selain itu, dalam persidangan tersebut juga terungkap bahwa pemberian uang kepada Syarifudin ditujukan untuk menghindarkan kemarahannya. Albertina Ho membeberkan fakta itu lewat pembacaan pesan singkat yang dikirimkan Puguh kepada Khairul. “Terpaksa urusan HP (hakim pengawas Syarifudin) mau gua selesaikan besok ya om, takut dia ngambek. Habisnya, dipen ding-pending mulu,” tirunya. Pesan singkat itu dikirimkan pada 31 Mei 2011. Masih berupa pesan singkat, Albertina Ho juga membacakan pesan singkat Puguh pada 5 Mei 2011 yang menyebutkan kalau persoalan hakim Syarifudin harus segera diselesaikan. Sementara itu, hakim Syarifudin yang juga dihadirkan untuk bersaksi di persidangan itu akhirnya berang setelah jaksa penuntut umum memutarkan video rekaman penggeledahan di rumahnya, pada 1 Juni 2011. Tim jaksa yang diketuai Zet Tadung Allo memutarkan 3 rekaman video dan slide slow foto barang bukti, berupa uang dalam bentuk rupiah dan pecahan mata uang asing yang ditemukan saat penggeledahan di kamar tidur Syarifudin. “Silakan KPK memperbanyak barang bukti yang tidak ada hubungannya,” cetusnya. (*/P-3) kristantyo @mediaindonesia.com

Golkar Bangkitkan Motivasi Pelaku UKM Melalui Pelatihan Manajerial

W ANTARA/PUTRA

DITAHAN KPK: Mantan bakal calon Bupati Nias Selatan Fahuwusa Laia memasuki mobil tahanan seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, kemarin. Fahuwusa resmi ditahan KPK terkait dengan kasus dugaan suap kepada anggota KPU saat pemilu kada Nias Selatan.

Kekuatan Maritim Perlu Pembenahan JELANG HUT ke-66 Tentara Nasional Indonesia (TNI), masih perlu dilakukan banyak pembenahan terkait institusi tersebut. Yang paling mendesak, pembangunan kekuatan maritim TNI. Hal itu terungkap dalam konferensi pers Imparsial yang di gelar kemarin di Jakarta. “Hal itu dibuktikan dengan le mahnya alat utama sistem pertahanan (alutsista) untuk mencegah serta menanggulangi pelanggaran-pelanggaran kedaulatan maritim Indonesia serta sengketa perbatasan maritim dengan negara-negara tetangga,” ujar Direktur Eksekutif Imparsial Poengky Indarti. Kini, Poengky membeberkan, masih terdapat sejumlah sengketa antara Indonesia dan negara yang berbatasan. Di antaranya, soal penetapan batas zona ekonomi eksklusif (ZEE) dengan Thailand di perairan selatan Laut Andaman, perbatasan laut dengan Filipina, batas ZEE dengan Palau, serta

batas laut dengan Timor Leste dan Australia. Ironisnya, Poengky memaparkan, kini pembangunan dan pengembangan matra TNI masih dititikberatkan pada kekuatan pertahanan di darat. Bukannya, kata dia, ke arah pengembangan alutsista TNI-AL demi menunjang mesin tempur di matra itu menjaga perbatasan laut.

Kami akan terus mendorong masalah ini agar kekuatan maritim kita bisa semakin kuat.” Al Araf Direktur Program Imparsial “Upaya-upaya diplomasi yang dilakukan Indonesia dalam menyelesaikan sengketa perbatasan tidak akan berarti tanpa kehadiran kekuatan riil TNI guna menjaga wilayah teritorial Indonesia. Padahal, kehadiran TNI dengan armada

alutsista modern dapat mendukung upaya mencapai kemenangan diplomasi Indonesia.” Terkait dengan agenda reformasi sektor pertahanan, Poengky mendesak pemerintah agar segera membahas RUU Amendemen UU 31/1997 tentang Peradilan Militer. Hal lainnya, kata dia, menuntaskan proses pengambilalihan bisnis TNI serta transparansi anggaran untuk TNI. Pada kesempatan itu, Direktur Program Imparsial Al Araf juga mendesak agar pemerintah dan DPR serta instansi terkait lainnya segera membuat ‘planning’ hukum yang jelas dalam membangun kekuatan maritim Indonesia. “Kami akan terus mendorong masalah ini agar kekuatan maritim kita bisa semakin kuat,” katanya. Dia sendiri mengaku sangat prihatin dengan kondisi Indonesia. Sebab, menurut dia, sebagai negara maritim, kekuatan angkatan laut Indonesia masih jauh dari harapan. (*/P-3)

AJAH-WAJAH para pemuda dan pemudi itu tampak antusias mengikuti pelatihan usaha kecil dan menengah di Balai Diklat Banyumas, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, kemarin. Dengan mengenakan seragam kaus kuning bertuliskan ‘Bersama Bangkitkan Usaha Kecil’ pada bagian depan dan ‘Gerakan Ayo Bangkit’ di bagian belakang, mereka terlihat bersemangat. Hari itu, mereka baru saja menerima pelatihan usaha kecil dan menengah (UKM) dari berbagai wilayah di Jateng. Program tersebut diluncurkan oleh Partai Golkar dalam program Gerakan Ayo Bangkit. Bagi para peserta, pelatihan yang dihelat oleh Partai Golkar dan dicetuskan oleh Ketua Umum DPP Partai Golkar H Aburizal Bakrie tersebut membawa ilmu baru bagi pengembangan usaha. Seperti yang dituturkan Tri Joko Pracoyo, 28, peserta pelatihan asal Tambak, Banyumas, yang membuka usaha warung nasi di Purwokerto. Ia mengaku memperoleh pemahaman baru dalam dunia usaha. “Inilah yang kami butuhkan, sebuah ilmu manajemen baru untuk pengembangan usaha. Saya jadi termotivasi untuk terus mengembangkan usaha yang telah saya rintis selama setahun belakangan,” ucap Tri bersemangat. Dengan berbekal pelatihan tersebut, ia mengungkapkan, dirinya memiliki angan-angan untuk segera direalisasikan. “Misalnya saja, soal bagaimana memanfaatkan jaringan untuk memasarkan produk dan bagaimana seharusnya melayani para konsumen. Benar-benar sesuatu yang baru bagi saya, karena selama ini belum tahu soal itu,” beber Tri yang merupakan lulusan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Purwokerto tersebut. Seperti Tri, peserta lainnya, Asmah Asiyah, 28, warga Desa Dawuhan, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga, mengaku mendapatkan inspirasi setelah mengikuti pelatihan. Asmah menuturkan dirinya cukup lama menggeluti bidang usaha suvenir

MI/LILIEK DHARMAWAN

GERAKAN AYO BANGKIT: Suasana pelatihan dalam program Gerakan Ayo Bangkit yang dihelat oleh Partai Golkar dan berlangsung di Kantor Diklat Banyumas, di Banyumas, Jawa Tengah, kemarin. dengan bahan baku kain flanel. Namun, selama ini pengelolaan usahanya masih konvensional. “Ternyata manajemen yang saya terapkan masih jauh dari praktik manajemen modern. Dalam pelatihan di sini, saya baru menyadari, sehingga ke depannya saya akan mempraktikkan apa yang saya peroleh dalam pelatihan ini,” akunya. Dengan adanya pelatihan Gerakan Ayo Bangkit tersebut, kata Asmah, dirinya sangat yakin bisa mengembangkan usaha yang telah berjalan selama tiga tahun terakhir itu. “Jaringan pemasaran, manajemen, serta bagaimana mendapatkan modal akan saya benahi. Karena, ternyata usaha yang saya tekuni sebetulnya akan mampu lebih berkembang,” terang Asmah, yang telah memiliki empat karyawan tersebut. Ketika ditemui di sela-sela acara pelatihan, Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Jateng M Iqbal Wibisono mengemukakan Partai

Golkar mendorong supaya kadernya mampu mengembangkan usaha yang digeluti. “Di Jateng, potensi UKM sangat besar, tercatat ada 11 juta UKM. Partai Golkar mengambil tanggung jawab untuk terus mengembangkan usaha tersebut,” paparnya. Ia menjelaskan, pelaku UKM yang berasal dari berbagai kabupaten di Jateng. “Kami berharap, dengan adanya pelatihan ini, usaha yang digelutinya akan semakin maju dan dapat menularkan ilmunya kepada orang lain,” tegas Iqbal. Para pelaku usaha yang dilatih itu, sambung Iqbal, merupakan embrio, seiring dengan pengembangan UKM yang akan terus dilakukan oleh Partai Golkar. Ada tiga hal yang dibidik Partai Golkar untuk pengembangan UKM, yakni masalah informasi usaha, pemodalan usaha, dan pengembangan pemasaran produk yang dihasilkan. “Inilah salah satu bentuk tanggung jawab Partai Golkar kepada masyarakat,” tandasnya. (S-25)


P OLKAM

4

RABU, 5 OKTOBER 2011

DINAMIKA Komunitas Pemilu ASEAN untuk Wujudkan Demokrasi Berkualitas KOMUNITAS Pemilu ASEAN dapat membantu terwujudnya demokrasi yang tepercaya bagi seluruh negara anggotanya untuk mendukung akselerasi pembangunan. Hal itu diutarakan mantan Menteri Luar Negeri Nur Hassan Wirajuda di sela-sela acara Konferensi Forum Komisi Pemilihan Umum se-ASEAN di Jakarta, kemarin. Hassan mengatakan dia menyambut positif wacana pembentukan komunitas yang terdiri atas badan penyelenggara pemilu di ASEAN itu, sebagai sarana untuk mewujudkan pembangunan demokrasi yang lebih baik. “Negara-negara anggota ASEAN harus secara sadar melakukan proses pembangunan yang seimbang, salah satunya adalah dengan dilembagakannya proses kerja sama di bidang demokrasi,” jelasnya Dia menambahkan bahwa selama ini proses pelaksanaan rencana dasar atau cetak biru yang dihasilkan dari sejumlah pertemuan negara anggota ASEAN masih belum memaksimalkan pembangunan demokrasi, seperti kegiatan politik dan pelaksanaan pemilu. Ketua KPU Hafiz Anshary mengatakan forum tersebut diselenggarakan untuk pertama kalinya dengan tujuan dapat terbentuknya Komunitas Pemilu ASEAN, yang akan dideklarasikan pada acara penutupan hari ini. (Ant/P-2) MI/PANCA SYURKANI

RESHUFFLE: (Dari kiri) pakar politik Universitas Indonesia Iberamsjah, peneliti senior Pusat Penelitian Politik (P2P) LIPI Syamsuddin Haris, Koordinator Departemen Advokasi dan Pemberdayaan Perempuan Jaringan Aktivis Prodemokrasi Yusnida, dan anggota Komisi III DPR dari Partai Golkar Bambang Soesatyo menjadi pembicara dalam diskusi bertema Reshuffle dan masa depan pemerintahan SBY di Jakarta, kemarin.

Boikot Pers Bentuk Kejahatan Demokrasi PEMBOIKOTAN informasi terhadap pers oleh Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam merupakan suatu kejahatan demokrasi. Hal tersebut ditekankan kuasa hukum Media Group Purwaning Yanuar dalam kesimpulan gugatan terhadap Seskab Dipo Alam di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, kemarin. Padahal, tambah dia, jurnalis Amerika Serikat (AS) Walter Leland Cronkite yang dianggap publik AS sebagai orang paling dipercaya pernah menyatakan, kemerdekaan pers tidak hanya penting bagi demokrasi, tapi itulah demokrasi.

Sekretaris kabinet yang menyatakan boikot, dapat dikategorikan abuse of power.” Arbijoto Mantan Hakim Agung Di pihak lain, Seskab Dipo Alam, menurut dia, terbukti menyatakan pemboikotan. Padahal, sambung Purwaning, keterangan ahli yang juga mantan hakim agung Arbijoto telah menyatakan tindakan Seskab Dipo Alam termasuk penyalahgunaan kekuasaan. Pasalnya, tugas sekretaris kabinet hanya pelayanan internal kabinet. “Sekretaris kabinet yang menyatakan boikot, dapat dikategorikan abuse of power.” Penyalahgunaan juga terlihat dari surat kuasa tim kuasa hukum Seskab Dipo Alam yang menggunakan kop surat dan stempel Sekretaris Kabinet. Padahal Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, menyatakan keterangan Seskab Dipo Alam adalah pendapat pribadi.

Awalnya, harian Media Indonesia mendapat informasi dalam rapat tertutup pada 7 Februari, Seskab Dipo Alam mengeluarkan instruksi agar tidak melayani wawancara saat prime time serta tidak memasang iklan di media yang dianggap menjelekjelekkan pemerintah. Media Indonesia mengecek kebenaran kabar itu dengan menugaskan reporter yang bertugas di Istana Presiden untuk mewawancarai Seskab Dipo Alam. Saat diwawancarai wartawan Media Indonesia seusai rapat kabinet dengan BUMN di Istana Bogor pada 21 Februari 2011, Seskab Dipo Alam mengakui mengeluarkan instruksi boikot. “Kalau media ini juga terus mengkritik, tidak ada menit tidak ada jam, saya instruksikan memang. Buat apa pasang di sana? Kalau kita memang mau kerja sama, mari yang objektif.” Dalam wawancara itu, Dipo Alam bahkan mengatakan, “Makanya saya bilang, sudah boikot sajalah! Saya memberikan itu kepada sekjen-sekjen sama humas.” Rekaman wawancara tersebut telah disampaikan dalam sidang sebelumnya kepada majelis hakim sebagai salah satu bukti. Dalam rapat dengar pendapat dengan DPR, Rabu (23/2), Dipo menolak meminta maaf. “Tidak perlu ada minta maaf dan penjelasan. Saya tidak perlu ada apologi apa pun,” tuturnya. Kuasa hukum Seskab Dipo Alam, Carrel Ticualu, menekankan boikot adalah hak setiap warga negara. “Kami berpendirian konflik Dipo Alam dengan Media Group tidak berimbas pada media lain,” tuturnya. Sidang yang dipimpin hakim Suwidya itu akan dilanjutkan pada Selasa (11/10) dengan agenda pembacaan putusan. (VB/P-1)

Reshuffle Bendung Hak Menyatakan Pendapat Presiden Yudhoyono menggelar konferensi pers untuk menjawab SMS yang menanyakan soal perombakan kabinet. EMIR CHAIRULLAH

P

ARTAI Golkar menganggap kehebohan seputar rencana reshuffle kabinet sebagai kepandaian Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menghentikan rencana pengguliran hak menyatakan pendapat dalam skandal Bank Century. “Ketika kencang-kencangnya rencana hak menyatakan pendapat Bank Century, isu reshuffle digulirkan lagi. Presiden cukup pandai, dia tahu kekurangan pimpinan parpol,” kata Wakil Bendahara Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo dalam sebuah diskusi di Jakarta, kemarin. Dia mengakui, isu reshuffle membuat pimpinan parpol mengurungkan niat menggunakan hak menyatakan pendapat itu. Sebab, pimpinan parpol khawatir kehilangan jatah kursi menteri. “Misalnya kalau Golkar dan PPP ditambah menterinya, bukan karena kekuatan partai, tapi kecerdasan Presiden. Nantinya akan ada opini parpol kritis karena mau menteri,” ujar dia. Sehingga, dia juga meyakini jatah kursi di Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II dari Partai Golkar tidak akan berkurang. “Perubahan hanya di kementerian yang mempunyai masalah seperti soal perselingkuhan dan masalah dugaan korupsi,” ujar dia.

Di KIB II, Partai Golkar mendapatkan tiga posisi, yakni Agung Laksono sebagai Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Mohamad Suleman Hidayat sebagai Menteri Perindustrian, dan Fadel Muhammad sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

RUMGAPRES

Susilo B Yudhoyono Presiden RI Di pihak lain, Sekjen DPP PPP M Romahurmuziy menilai persoalan di kabinet disebabkan perilaku Presiden Yudhoyono yang sangat desentralistik. Menurut dia, saat ini seluruh kebijakan diserahkan ke menteri. “Jadi kalau ada kebijakan pemerintah gagal, menteri yang disuruh bertanggung jawab,” ujarnya. Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat yang juga Menteri Perhubungan Freddy Numberi menegaskan siap menerima secara lapang dada untuk melepas jabatan menteri. “Saya imbau kepada adikadik saya di Papua, kalian harus mengerti Bapak Presiden

mencintai Papua. Ini bukan masalah representasi kedaerahan. Tanpa orang Papua, beliau pun komit untuk membangun Papua,” tegasnya. Dia meyakini Presiden akan adil, netral, dan tidak mau didikte dalam mengeluarkan keputusan mengenai perombakan kabinet. “Sebagai prajurit, saya loyal kepada pimpinan. Kami mendukung keputusan Presiden dalam reshuffle itu,” ungkapnya. Dapat SMS Presiden Yudhoyono, kemarin, menggelar konferensi pers terkait dengan spekulasi susunan kabinet yang bakal dirombak. Ia mengaku tidak mengetahui tentang namanama calon menteri yang kerap diberitakan akan bergabung dalam KIB II. Maraknya pemberitaan seputar spekulasi reshuffle kabinet, lanjut dia, membuat banyak pertanyaan dari masyarakat. “Mengapa saya pandang perlu untuk memberikan pernyataan pada pagi hari ini karena masuk SMS ke saya untuk menanyakan tentang kebenaran apa yang beredar luas sekarang ini. Saya ingin sampaikan, saya tidak tahumenahu dengan nama-nama yang beredar sekarang ini,” kata Presiden Yudhoyono. (Mad/*/P-1) emir@mediaindonesia.com

RUU KY Akomodasi Kompromi KY-MA CALON Hakim Agung Gayus Lumbuun menuturkan, pengesahan Rancangan Undang-Undang Komisi Yudisial (RUU KY) adalah momen tepat bagi pemecahan konflik Mahkamah Agung (MA) dan Komisi Yudisial yang berkepanjangan. Sebab, dalam salah satu kesepakatannya tercantum penyelesaian masalah perilaku hakim yang melakukan pelanggaran dilakukan atas kompromi MA dan KY. Bukan satu pihak saja. “Untuk melakukan penyelidikan dugaan pelanggaran hakim KY bersama MA, karena ada bersama-sama, tidak masing-masing. Secara bersama-sama. Itu kalimatnya. Jadi enggak bisa mandek, sama-sama jalan,” tuturnya, saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, kemarin. Kompromi MA dan KY itu, jelasnya, mencapai titik temu dalam keberadaan Majelis MI/SUSANTO Kehormatan Hakim (MKH). Komposisi majelis ini, 4 orang Gayus Lumbuun berasal dari KY, dan 3 anggota Calon hakim agung dari MA. Badan ini pun, kata Gayus, nantinya akan memiliki kewenangan meneliti, memproses, menerima, ataupun menolak penyelidikan terhadap pelanggaran kode etik hakim. “Ini untuk mencegah (konflik MA-KY) yang seperti sekarang. Jangan ada yang ditinggalkan, ditunda, atau tidak diproses.” Demikian juga, lanjutnya, dalam RUU yang tinggal menunggu waktu diketok ini, tercantum pula kesepakatan mengenai penambahan kewenangan KY dalam mencegah perilaku menyimpang hakim-hakim sejak masa rekrutmen awal. Artinya, KY ikut menyeleksi hakim di tingkat pengadilan terendah. (*/P-2)

Pengadilan Tipikor Tolak Eksepsi Wakil Wali Kota Cirebon EKSEPSI Wakil Wali Kota Cirebon dan mantan Ketua DPRD Cirebon Suryana, terdakwa kasus korupsi dana APBD 2004 untuk belanja barang senilai Rp4,9 miliar, ditolak majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kota Bandung, Jawa Barat, kemarin. Majelis hakim yang dipimpin oleh hakim Eka Saharta Winata memerintahkan jaksa penuntut umum melanjutkan sidang pemeriksaan perkara tersebut. “Setelah menimbang, majelis hakim keberatan dengan eksepsi dari kuasa hukum terdakwa satu dan dua, sekaligus menolak isi eksepsi tersebut,” ujarnya dalam persidangan di Bandung, kemarin. Majelis menilai berkas dakwaan yang dibuat jaksa sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku. Sebaliknya, majelis menilai eksepsi yang diajukan dua terdakwa melalui penasihat hukumnya itu tidak beralasan. Sebelumnya, penasihat hukum kedua terdakwa mengajukan eksepsi dengan alasan berkas dakwaan tidak jelas dan lengkap, sehingga meminta hakim menolak berkas dakwaan yang telah dibuat. Namun, majelis hakim tetap menyatakan tidak sependapat dengan pengacara kedua terdakwa. “Kami tidak sependapat dengan penasihat hukum kedua terdakwa. Karena, berkas dakwaan jaksa penuntut umum sesuai Pasal 183 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Selain itu, telah memenuhi syarat formil dan nonformil.”(EM/P-4)

PODIUM

I

NDONESIA sangat kaya dengan hasil tambang dan kekayaan alam lainnya, baik di dalam perut bumi ataupun di atas permukaannya. Tanpa harus survei, penyelidikan, dan eksplorasi yang mendalam, lautan dan daratan Indonesia yang sangat luas menyimpan kekayaan alam yang sangat banyak. Karena itu, hal terkait dengan sumber daya alam ini dimasukkan ke pasal ekonomi pada Undang-Undang Dasar 1945, yaitu Pasal 33, oleh para pendiri bangsa ini (founding fathers). Pasal tersebut merupakan inti dari politik ekonomi bangsa yang secara mendalam diletakkan sebagai fondasi untuk mengelola ekonomi bangsa. Pasal 33 ayat 3 menyebutkan bahwa bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai negara dan dipergunakan untuk sebesarbesarnya kemakmuran rakyat. Pasal ini merupakan amanat konstitusi yang pertama sejak

Ekonomi dan Konstitusi negara ini didirikan sehingga nilai sejarah sangat mendalam dan makna cita-citanya sangat tinggi. Pasal ini tentu saja mengacu dan ditujukan langsung pada kekayaan alam pertambangan, yang salah satu implementasinya diwujudkan dalam pasal-pasal UU Migas dan UU Minerba. Pada ayat 4 berikutnya, yang merupakan pelengkap di dalam amendemen, menyatakan bahwa perekonomian nasional diselenggarakan berdasar atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional. Implementasi dari Pasal 33 ayat 3 ini dijalankan dengan

prinsip-prinsip di atas, tetapi tetap tidak dapat meninggalkan makna dan cita-cita awal. Dari analisis terhadap teks dan makna Pasal 33 dalam UU tersebut, diketahui bahwa nilai tambah, kesejahteraan, dan manfaat dari kekayaan alam ini diberikan untuk rakyat Indonesia. Tetapi selama ini khusus untuk penerimaan tambang mineral dan batu bara masih sangat kecil sehingga makna sebesar-besar kemakmuran rakyat tidak terwujud. Padahal, Indonesia melimpah dengan aneka tambang yang beragam antara lain emas, batu bara, timah, besi, dan sebagainya. Penerimaan negara tahun 2011 dari pertambangan umum di dalam APBN hanya sekitar Rp15,4 triliun. Dalam RAPBN 2012, penerimaan tersebut justru diperkirakan menurun

MI/AGUS M

Didik J Rachbini Guru Besar Ekonomi, Ekonom Senior INDEF yakni hanya mencapai Rp13,6 triliun. Ini berarti kekayaan alam di perut bumi Nusantara ini hanya memberi kontribusi 1,6% terhadap total penerimaan negara. Berarti ada yang salah dalam pengelolaan sumber daya alam yang penting dan strategis ini sehingga melenceng dari cita-cita konstitusi, yakni

memberikan kesejahteraan yang maksimal terhadap rakyat. Permasalahannya terletak pada kontrak yang merugikan bangsa dan negara, serta cara pengelolaan hasil tambang tersebut yang tidak diolah di dalam negeri. Pemerintah saat ini maupun sebelumnya memiliki kesadaran yang berbeda dan sering bertolak belakang dengan kesadaran publik. Masyarakat sudah menilai negara lalai dalam menjalankan amanat UUD 1945 sehingga dominasi asing dalam eksploitasi sumber daya alam sangat kuat pengaruhnya dan berperan sangat signifikan di Indonesia sehingga pemerintah cenderung didikte karena elite kalah dalam negosiasi. Sekarang setelah puluhan tahun merugi karena kontrak

yang lemah dan menyesatkan, hendak dilakukan renegosiasi. Ini merupakan upaya yang sangat baik dan sesuai dengan harapan masyarakat. Tetapi pola negosiasi yang ala kadarnya akan sulit menang dengan mafia pertambangan, yang sudah sangat kuat berakar di Indonesia sejak lama. Pada awalnya dominasi asing muncul di pertambangan migas di mana Pertamina hanya menguasai lahan kurang dari seperlima, dan mayoritas sisanya lebih seperlima adalah dominasi asing. Celakanya lagi minyak mentah tersebut tidak diolah di dalam negeri tetapi dibawa keluar sehingga nilai tambahnya tidak berada di dalam negeri. Yang menyedihkan adalah kisah pertambangan mineral dan batu bara yang juga didom-

inasi asing dengan investasi sangat besar. Sama dengan kasus pertambangan minyak, konsentratnya juga dibawa mentah-mentah ke luar negeri sehingga nilai tambahnya dibawa keluar pula. Ada indikasi pula penipuan dalam kontrak karena kandungan di dalamnya lebih dari apa yang tercantum di dalam kontrak tanpa bisa dikontrol negara. Sebagai konsekuensinya, peranan pertambangan mineral dan batu bara ini dalam penerimaan negara sangat kecil, sangat tidak signifikan, dan sangat tidak layak jika dilihat dari potensi dan eksploitasinya. Sudah setengah abad bangsa dan negara dirugikan dalam politik ekonomi terkait kekayaan alam Indonesia. Dengan sumbangan yang sangat kecil dan tidak ada artinya bagi penerimaan negara berarti pemerintah sekarang dan sebelumnya telah lalai menjalankan amanat konstitusi.


P OLKAM

RABU, 5 OKTOBER 2011

Seleksi Pimpinan KPK bakal Molor Mengulur waktu seleksi pimpinan KPK membuktikan DPR melakukan balas dendam kepada lembaga pemburu koruptor itu. NURULIA JUWITA SARI

S

ETELAH merampungkan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon hakim agung pada Kamis (29/9), Komisi III DPR hingga kini masih belum mengagendakan seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Padahal, pada awal masa sidang lalu, Komisi III DPR berkomitmen untuk menyegerakan proses seleksi untuk pimpinan KPK setelah seleksi Hakim Agung. “Sekarang rapat pleno tentang anggaran. Minggu depan (rapat tentang pimpinan KPK). Yang jelas akan diselesaikan pada masa sidang ini,” kata Aziz Syamsuddin, Wakil Ketua Komisi III DPR di Jakarta, kemarin. Rapat yang seharusnya membahas APBN 2012 untuk semua mitra Komisi III tersebut terpaksa diskors selama 6 jam karena hanya dihadiri delapan anggota yang berasal dari tiga fraksi. Rapat diagendakan berlanjut pada malam ini. Saat ditemui terpisah, anggota Komisi III DPR dari Fraksi PKB Hanif Dakhiri juga menyatakan Komisi III belum

ANTARA/YUDHI MAHATMA

PIMPINAN KPK YANG BERSIH: Pengunjuk rasa dari Jaringan Lembaga Anti Korupsi melakukan aksi di depan Kantor Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, beberapa waktu lalu. Mereka mendesak pemerintah dan DPR agar memilih pimpinan KPK yang bersih dari korupsi dan independen. mengagendakan pembahasan calon pimpinan KPK. “Tadinya mau dibahas segera setelah Hakim Agung, tapi ini belum ada agendanya. Kita belum rapat internal untuk ini,” tuturnya. Ia berharap, pimpinan Komisi III segera mengagendakan, supaya proses seleksi yang dilakukan Komisi III tidak terburu-buru. “Supaya prosesnya berkualitas. Kita semua berkepentingan supaya lebih cepat. Kalau lama ini masalah juga bagi KPK,” ujar Hanif mengingatkan. Di sisi lain, anggota Komisi III lainnya, Nudirman Munir dari Fraksi Partai Golkar menghitung, pihaknya tidak punya cukup waktu karena

masa sidang saat ini akan berakhir pada 25 Oktober. Waktu yang tersisa, kata dia, hanya bisa dimaksimalkan untuk menyelesaikan polemik memilih 8 atau 10 pemimpin KPK yang saat ini masih diperdebatkan. Komisi hukum ini berencana memanggil Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar selaku Ketua Panitia Seleksi KPK. Meski demikian, ia yakin Komisi III masih punya cukup waktu untuk memilih para pemimpin KPK yang baru sebelum masa jabatan pimpinan KPK saat ini berakhir pada 18 Desember 2011. Masa sidang berikutnya, kata Nudirman, akan dimulai pada pertengahan November.

Antigoneo Menyapa Tanah Air

S

EBUAH kota miskin di pinggir pantai sedang di ambang kebangkrutan. Krisis ekonomi telah menggerogoti sendi-sendi kota itu. Saat kota nyaris hancur dan terlupakan, harapan baru terbit. Para investor tertarik membangun hotel mewah lengkap dengan kasino dan lapangan golf di kota ini. Hotel itu dipercaya mampu memulihkan perekonomian kota. Kontrak pun dijalin antara wali kota dan penanam modal asing. Namun, lapangan golf kekurangan lahan. Kompleks permakaman pun terpaksa jadi korban. Satu per satu kuburan digali dan dikosongkan. Isinya akan dikremasi di krematorium yang dijanjikan segera dibangun. Semua setuju, kecuali Klara. Dia tak mau kuburan adiknya digali dan mayatnya dikremasi. Menurutnya, tanah kuburan itu keramat. “Lagi pula, adikku takut api,” katanya. Wali kota pusing tujuh keliling. Klara keponakannya. Dia diasuhnya seperti anak sendiri sejak kecil. Di sisi lain, para investor mengancam mundur kalau tidak ada lapangan golf. Tidak mungkin wali kota membiarkan proyek prestisius itu gagal hanya gara-gara Klara. Wali kota harus membujuk agar Klara sudi menempatkan kepentingan umum di atas sentimentalitas pribadi. Klara yang keras kepala kukuh menolak. Karena terdesak, wali kota hanya punya satu kartu terakhir untuk dimainkan. Klara harus disingkirkan. Bagaimanapun, dia tokoh yang menjanjikan kebangkitan ekonomi kota. Begitulah kurang lebih alur cerita bertajuk Antigoneo, saduran dari Antigone Now karya Evald Flisar dari Slovenia. Antigone Now merupakan sebuah versi modern dari karya klasik dramawan Yunani, Sophocles, berjudul Antigone. Flisar menggubah tragedi klasik itu ke masa kini. Masa kebutuhan ekonomi jauh lebih penting jika dibandingkan dengan tradisi, sejarah, kebanggaan, dan masa lalu. Tegakah menempatkan kepentingan umum atau kepentingan ekonomi pribadi di atas rasa kemanusiaan? Begitu pertanyaan utama lakon

DOK DJARUM

Antigoneo. Kisah itu menjadi mungkin dipentaskan di Tanah Air, tepatnya 7-16 Oktober 2011 setiap pukul 20.00 WIB di Gedung Kesenian Jakarta, berkat kolaborasi Teater Koma dan Djarum Apresiasi Budaya. Sebelumnya, Antigoneo telah ‘menyapa’ Mesir, Austria, India, dan beberapa negara lain. Untuk produksi terbarunya, Teater Koma dan Djarum Apresiasi Budaya kembali menggandeng sejumlah aktor andal, antara lain N Riantiarno, Budi Ros, Cornelia Agatha, Salim Bungsu, Dudung Hadi, Ratna Riantiarno, Sriyatun Arifin, Tuti Hartati, Adri Prasetyo, dan Pandoyo Adi Nugroho. Pentas ini juga merupakan debut penyutradaraan bagi Rangga Riantiarno. “Semoga isi cerita yang menarik dan dimainkan oleh aktor-aktor kenamaan dapat memberikan hiburan berkualitas bagi masyarakat Indonesia,” ujar Renitasari, Program Director of Bakti Budaya Djarum Foundation. Di sisi lain, menurut Rangga, sang sutradara, dalam lakon ini, panggung Gedung Kesenian Jakarta akan disulap menjadi sebuah kompleks permakaman yang sudah nyaris tergusur. “Di situlah (permakaman) semua berawal. Di tempat itu pula kisah berakhir tragis. Sebuah tontonan penuh hiburan, tapi tetap sarat makna dan perenungan,” katanya. (S-25)

Tersandera Ketika dimintai tanggapan soal sikap Komisi III DPR yang ‘ogah-ogahan’ ini, Direktur Monitoring, Advokasi, dan Jaringan Pusat Studi Hukum dan Kebijakan (PSHK) Ronald Rofiandri mendesak agar sebelum masa sidang berakhir sudah harus terpilih pimpinan yang baru. “Hal ini penting supaya KPK tidak tersandera dan tidak tergantung status pimpinan KPK,” ujarnya. Ronald khawatir kerja Komisi III yang berlambat-lambat akan dijadikan tameng kepada publik bahwa mereka ini tidak memiliki cukup waktu untuk menyaring kandidat terbaik. (P-2) nurulia@mediaindonesia.com

5

Bayar Premi Langgar Konstitusi MAHKAMAH Konstitusi (MK) kembali menggelar uji materi Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (UU SJSN), kemarin. Pemohon dalam sidang itu, Arief Poyuono dan Darsono, meminta mahkamah untuk membatalkan 18 pasal dalam undang-undang tersebut karena dinilai bertentangan dengan Pasal 28H ayat (3) dan Pasal 34 ayat (2) UUD 1945. Adapun pasal-pasal yang diuji yaitu Pasal 17, 19, 20, 21, 27, 28, 29, 30, 34, 35, 36, 38, 39, 40, 42, 43, 44, dan Pasal 46. Kuasa hukum pemohon, Habibiburokhman, menganggap jaminan sosial yang dia-

tur dalam ketentuan tersebut berbeda dengan konsep yang tercantum dalam konstitusi. “Konsep jaminan sosial dalam UU SJSN justru mirip dengan konsep asuransi sesuai dalam Pasal 246 Kitab UndangUndang Hukum Dagang,” kata dia. Dia menegaskan, pengertian asuransi jelas berbeda dengan pengertian jaminan sosial sebagaimana dimaksud Pasal 28H ayat (3) UUD 1945. Perbedaan yang dia maksud adalah asuransi sosial merupakan hubungan keperdataan yang mensyaratkan adanya kewajiban tertentu, seperti premi dan iuran, bagi orang yang akan mendapatkan haknya,

sedangkan Pasal 28 H ayat (3) menyatakan jaminan sosial merupakan hak konstitusional yang melekat tanpa mensyaratkan kewajiban apa pun. “Seharusnya jangan jaminan sosial. Kalau mau, seharusnya bikin asuransi nasional secara gratis, jangan jaminan sosial. Sebab, kalau jaminan sosial seperti itu (bayar premi) menyalahi UUD 1945,” cetus Habibiburokhman di Gedung MK, Jakarta, kemarin. Pada kesempatan itu, Arief meminta hakim ketua Maria Farida Indrati mempercepat proses persidangan sebelum RUU Badan Penyelenggara Jaminan Sosial disahkan DPR. (*/P-4)

Menteri Kehutanan tidak Berwenang Tafsirkan UU Menteri Kehutanan tidak memiliki kewenangan untuk menafsirkan Pasal 1 angka 3 Undang-Undang (UU) Nomor 41/1999 tentang Kehutanan. Demikian diungkapkan Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran I Gede Pantja Astawa yang menjadi saksi ahli di depan majelis hakim Mahkamah Konstitusi, kemarin. Menurut Pantja, penafsiran UU yang dilakukan menteri dapat batal demi hukum. “Penafsiran itu adalah tindakan tanpa wewenang atau ultra vires dan dapat batal demi hukum. Penafsiran UU Kehutanan ini hanya dapat dilakukan hakim,” kata Pantja di Gedung MK, Jakarta, kemarin. Pantja menjadi saksi ahli dalam kasus yang diajukan Bupati Kapuas M Mawardi,

Penafsiran itu adalah tindakan tanpa wewenang atau ultra vires dan dapat batal demi hukum. ” I Gede Pantja Astawa Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran Hambit Bintih (Bupati Gunung Mas), Duwel Rawing (Bupati Katingan), Zain Alkim (Bupati Barito Timur), Ahmad Dirman (Bupati Sukarama), dan Akhmad Taufik (pengusaha). Mereka meminta MK menguji Pasal 1 angka 3 UU Kehutanan. Pasal itu berbunyi ‘kawasan hutan adalah wilayah tertentu yang ditunjuk dan atau ditetapkan oleh pemerintah un-

tuk dipertahankan keberadaannya sebagai hutan tetap’. Menurut mereka, Kementerian Kehutanan telah keliru menafsirkan pasal itu dengan menyatakan kegiatan penunjukan atau penetapan kawasan hutan bukan kegiatan pengukuhan hutan. Akibat tafsir tersebut, pemerintah pusat bisa memberikan status kawasan hutan di daerah para pemohon. Menurut Guru Besar Fakultas Hukum Lambung Mangkurat Hadhin Muhjad, bertentangan dengan UUD 1945 jika Pasal 1 angka 3 dihubungkan dengan Pasal 14 dan 15 UU Kehutanan. Alasannya, Pasal 14 dan 15 UU Kehutanan mengatur kegiatan pengukuhan kawasan hutan meliputi penunjukan, penataan batas kawasan, pemetaan, dan penetapan kawasan. (*/P-4)


6

M EGAPOLITAN

RABU, 5 OKTOBER 2011

Korban Pulsa Tersedot Demo Operator Banyak pelanggan yang merasa dirampok karena layanan ini membajak pulsa mereka tanpa henti. NESTY TRIOKA PAMUNGKAS

S

ATU unit Toyota Avanza hitam yang dalam beberapa hari lalu dijadikan Posko Pengaduan Keliling Pencurian Pulsa disertakan dalam unjuk rasa, kemarin. Mobil itu dibawa ke kantor pusat operator XL di Mega Kuningan, kantor Telkomsel di Wisma Mulia, Gatot Subroto, serta kantor Indosat di kawasan Monas, Jakarta. Unjuk rasa digelar dengan membakar kartu seluler perdana. Mereka juga meneriakkan keluhan pelanggan operator seluler prabayar atau biasa disebut isi ulang pulsa. “Ini bentuk kekecewaan rakyat,” tegas Ketua Lingkar Studi Mahasiswa (Lisuma) Al Akbar Ramadillah yang memimpin demonstrasi. Lisuma juga menempelkan poster dan stiker bertuliskan ‘Ke Mana Pulsa Kami’ di kantor-kantor operator telekomunikasi maupun kantor Kemenkominfo. Unjuk rasa disertai dengan pembagian selebaran yang menginformasikan mengenai pencurian pulsa oleh konten provider. Selebaran tersebut dibagikan kepada seluruh pejalan kaki dan pengguna kendaraan. “Kami juga membuka peng-

aduan. Dapat disalurkan melalui Facebook page Selamatkan Pulsa Kita atau di laman Twitter akun @humas_lisuma, bisa juga telepon langsung ke Lisuma di 021-91491451 dan 085692350182. Siapa saja yang dirugikan dengan pencurian pulsa silakan melapor,” lanjutnya.

Ini bentuk kekecewaan rakyat.” Al Akbar Ramadillah Ketua Lisuma Hingga kemarin sudah 418 pemilik nomor telepon seluler mengadukan pulsa mereka tersedot setelah menerima pesan singkat berisi tawaran konten, kuis, hadiah, bonus, dan nada dering. Secara umum, tipe layanan berbasis SMS dikelompokkan menjadi dua. Pertama, ‘SMS Pull’ berbasis request. Informasi akan dikirim via SMS bila diminta pelanggan. Layanan ini meliputi kuis, polling, atau information on demand. Layanan kedua adalah ‘SMS Push’. Layanan berbasis langganan dengan cara pendaftaran. Biasanya dengan kata reg. Selanjutnya penyelenggara konten mengirimkan SMS se-

cara rutin ke pelanggan tersebut. Langganan berhenti ketika pengguna mengirimkan pembatalan dengan kata unreg. Tapi belakangan pelanggan kesulitan mengirimkan unreg meski sudah dicoba berkalikali. Banyak pelanggan yang merasa dirampok karena layanan ini membajak pulsa mereka tanpa henti. Operator seluler tidak cuci tangan. “Kami sudah melakukan kerja sama dengan kepolisian serta Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mengatasi kejadian seperti ini serta memberantas oknum yang memberikan data. Dalam beberapa tahun terakhir sudah beberapa orang ditangkap,” ujar Head of Corporate Communication PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) Febriati Nadira. Adapun GM Corporate Communication Telkomsel Ricardo Indra mengatakan pihaknya memiliki mekanisme kebijakan internal untuk mencegah hilangnya pulsa pelanggan terkait layanan konten. “Kami membuat kebijakan kepada content provider untuk membuat mekanisme yang memudahkan pelanggan melakukan unreg,” terangnya. Mengenai lambannya polisi bertindak dalam kasus ini, Kasubdit Cyber Crime Polda Metro Jaya AKB Hermawan mengemukakan pihaknya memerlukan laporan dari masyarakat yang merasa dirugikan. Pasalnya, kasus tersebut delik aduan. (ED/NA/J-1) nesty@mediaindonesia.com

MI/ROMMY PUJIANTO

BERKUNJUNG KE MEDIA GROUP: Para finalis Puteri Indonesia 2011 berjalan memasuki kantor Media Group di Kedoya, Jakarta Barat, kemarin. Sebanyak 37 finalis mengikuti berbagai kegiatan untuk menambah pengalaman dan wawasan termasuk mengunjungi redaksi Media Indonesia dan Metro TV.

Waspada Penipuan lewat Telepon DULU modusnya menyebut anak kecelakaan di sekolah lalu minta duit untuk biaya operasi. Kini modusnya bergeser dengan menuduh salah satu anggota keluarga terlibat narkoba. Anggota komplotan mengaku sebagai polisi yang bisa membebaskan tersangka asalkan membayar ratusan juta. Para pelaku ternyata menggerakkan aksi mereka dari dalam tahanan Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Kusta, Medan, Sumatra Utara. Enam orang berhasil ditangkap. Mereka adalah AA alias Andin, IFR alias Ipan alias Bureng, PT alias Fredi, MS alias Tompul, Z alias Zul, dan R alias Anto. Kasubdit Cyber Crime Polda

FOTO B 108 X 70

K

MI/TRI HANDIYATNO

DPRD Tangerang Ultimatum PT Sanex Steel PT Sanex Steel Indonesia yang memproduksi baja di kawasan Milenium Industri Steel yang terletak di Jalan KH Syech Nawawi, Cikupa, Tangerang, Banten, diultimatum oleh Komisi IV DPRD Kabupaten Tangerang. Perusahaan itu harus segera memperbaiki empat cerobong miliknya yang tidak sesuai dengan standar nasional paling lambat akhir tahun ini. Bila tidak, DPRD akan meminta perusahaan berhenti operasi. “Pokoknya kami tunggu sampai Desember nanti. Bila hingga bulan tersebut masih melakukan pencemaran, kami angkat tangan dan PT Sanex tidak boleh beroperasi lagi,” kata anggota Komisi IV DPRD Tangerang, Hendra Anting, seusai berkunjung ke perusahaan tersebut. Dalam kunjungan tersebut, anggota dewan dari Fraksi Ge-

rindra itu melihat langsung empat cerobong baru yang didatangkan PT Sanex Steel Indonesia dari China. Mereka berjanji mengganti cerobong yang lama dengan yang baru. “Dalam waktu dekat ini kami meminta kepada perusahaan itu agar melakukan presentasi langsung di hadapan anggota DPRD dan Pemkab Tangerang, sejauh mana cerobong baru yang mereka miliki tidak akan berdampak pada pencemaran lingkungan,” tandasnya. Terkait dengan kelanjutan laporan masyarakat ke polisi, Anting enggan menanggapi. Sebab, menurutnya, itu merupakan persoalan hukum yang hanya bisa dijawab oleh pihak kepolisian. Hal senada dikemukakan Supajri dari Fraksi Hanura. Laporan masyarakat ke Mabes

bicara mereka sehingga mirip sekali dengan orang dimaksud. Ketika ibu korban menelepon ke nomor yang mengaku polisi, suaranya dibuat sedemikian rupa. Pelaku meyakinkan Surya bisa bebas asal sang ibu mengirimkan sejumlah uang,” ungkap Hermawan. Akhirnya, keesokan harinya, ibu korban mengirimkan uang sebanyak Rp126 juta kepada pelaku dengan total 14 kali transfer. Uang yang masuk ke rekening pelaku dengan cepat ditransfer lagi kepada sanak keluarga agar dapat merayakan Lebaran. Polisi menyita 12 bukti transfer, 2 lembar rekening koran BRI Kesawan Medan, 8 lembar tanda terima pengaduan dari

Bank Mandiri Jalan Ahmad Yani Medan, 2 lembar rekening koran Bank Syariah Mandiri, Medan. Selain itu, tiga telepon seluler yang digunakan untuk melakukan kejahatan ikut disita. Menurut Hermawan, para pelaku memilih menelepon pada dini hari atau subuh untuk menciptakan suasana lebih mencekam. Ketika si ibu hendak konfirmasi dengan menelepon, telepon si anak memang tidak aktif karena sedang istirahat. Ibu menjadi percaya anaknya sedang dalam penjara. Padahal telepon selulernya sengaja dinonaktifkan agar tidak terganggu dengan telepon macammacam yang semakin banyak belakangan ini. (ED/J-1)

Kisah Kakek Penjual Rekening Palsu

PENCEMARAN UDARA: Sejumlah warga berdemonstrasi menuntut penutupan pabrik Sanex Steel Indonesia yang diduga menimbulkan pencemaran udara di Cikupa, Tangerang, Banten, Senin (19/9). Komisi IV DPRD Kabupaten Tangerang meminta perusahaan itu segera memperbaiki empat cerobong untuk menghindari pencemaran.

Metro Jaya AKB Hermawan meminta masyarakat berhatihati meladeni setiap permintaan uang lewat telepon apa pun alasannya. Peristiwa penipuan berlangsung 29 Agustus 2011. Pelaku mengambil nomor acak dari buku telepon, dan menemukan nama Mardi Sudarman. Dengan kelihaiannya, mereka berhasil mengetahui nama kakak Mardi adalah Surya Darma. Pelaku lalu mengaku sebagai Surya Darma dan meminta Mardi menelepon ibu mereka agar mengirimkan uang Rp126 juta untuk membebaskan Surya dari tahanan Polres Depok karena tersangkut narkoba. “Pelaku bisa mengubah gaya

Polri bisa saja dilakukan. “Hanya saja pembuktian kebenaran atau tidaknya tergantung hasil penyelidikan nanti,” kata dia. Di sisi lain, Direktur Utama PT Sanex Steel Indonesia Agus Santoso Saman mengatakan pihaknya berupaya tetap mempertahankan perusahaannya agar bisa beroperasi. Sebab, kehadiran PT Sanex Steel Indonesia dibutuhkan dan menyerap 1.500 tenaga kerja. “Ya kalau kita ditutup, tentunya akan terjadi pengangguran besar-besaran di Tangerang,” ujarnya. Saat kunjungan anggota DPRD, ratusan orang yang mengatasnamakan diri Laskar Pantura berunjuk rasa di depan perusahaan tersebut. Namun setelah bernegosiasi dengan pihak perusahaan, para pengunjuk rasa meninggalkan tempat. (SM/J-2)

ARTU tanda penduduk (KTP) gampang dipalsukan. Namun, apa yang dilakukan Hoisaeni Ibrahim, 59, bisa merupakan hal baru. Kakek yang biasa dipanggil Husein itu mampu menyediakan rekening palsu. Ia keluar masuk berbagai bank untuk membuat rekening baru dengan berbagai identitas palsu. Rekening yang dibuatnya digunakan sindikat pembobol kartu kredit modus offline untuk menampung uang kejahatan, dengan hasil sebesar Rp81 miliar sejak 2010. Meski demikian, Husein mengaku tidak mengenal siapa saja yang membeli rekening yang dibuatnya. “Sebelumnya kontakkontakan dulu sama pembeli. Saya tidak kenal mereka, tapi mereka sudah tahu bisa membeli rekening ke saya. Kemudian ketemu di mal untuk transaksi,” tutur ayah tiga anak itu, kemarin. Aksi Husein dimulai dengan pembuatan KTP palsu. Ia memesan KTP palsu kepada Haris Mulyadi alias Beno di toko offset kawasan Matraman, Jakarta Timur. Ia pun mendatangi bank dan membuat akun rekening baru. Setoran yang dimasukkan

ke bank hanya untuk beberapa saat, kemudian ditarik lagi melalui anjungan tunai mandiri (ATM) dengan sisa batas minimal yang ditentukan bank. “Saya buka rekening baru dengan setoran Rp500 ribu

ILLS: SENO

lalu ditarik lagi dengan sisa Rp50 ribu. Nomor itu saya jual lagi seharga Rp300 ribu-Rp350 ribu per satu rekening,” ungkap warga Pondok Petir, Depok, itu. Tidak semua bank bisa dimasuki Husein untuk membuat rekening baru. “Ada beberapa bank yang ketat. Mereka meminta nomor telepon rumah,” imbuhnya.

Husein mulai menjual jasa penyedia rekening palsu sejak 2008. Padahal, ia berasal dari latar belakang keluarga mampu. Pekerjaan sampingan tersebut merupakan hobi sekaligus jadi penghasilan tambahan. “Saya bekerja di bengkel Pondok Labu. Istri saya staf marketing bank.

Sebenarnya penghasilan dari menjual rekening ini tidak seberapa, tapi siapa yang tidak mau uang tambahan,” katanya enteng. Husein kaget setelah mengetahui bahwa rekening yang ia jual Rp300 ribu itu digunakan untuk menampung uang hasil kejahatan. Jumlahnya tidak main-main, mencapai Rp81 miliar. Polda Metro Jaya kemudian mempertemukan

sindikat dengan Husein di penjara. “Semua tersangka, termasuk Husein, berjumlah 14 orang. Mereka membuat dokumen palsu. Modusnya, transaksi offline dan pengembalian dana (refund),” jelas Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Gatot Edy Pramono. Keempat belas tersangka yang ditangkap adalah Ranand Paskal Lolong, Andi Rubian, Kusnadar alias Kusno, Haris Mulyadi alias Beno, Harun Wijaya, R Firmansyah H, Hoisaeni Ibrahim, Muhril Zain Sany, Yayat Ahadiyat, Yudi Dwilianto, Budy Hadiyono Putro alias Budi Zenos, Raden Adi Dewanto, Muhammad Nurdin bin Musa, dan Firmanto Gandawidjaja. Sepak terjang komplotan tersebut terdeteksi ketika memperdayai Bank Danamon. Mereka mengambil mesin EDC SPBU Kebayoran Baru dengan alasan rusak dan akan diperbaiki. Mereka kemudian melakukan transaksi fiktif secara offline. Setelah itu, mereka mengajukan tagihan kepada Bank Danamon sebesar Rp432 juta yang diklaim sebagai transaksi mesin EDC. Bank lantas membayar ke rekening pemilik (merchant) SPBU yang telah mereka pegang ATM-nya. (Edna Tarigan/J-1)


M EGAPOLITAN

RABU, 5 OKTOBER 2011

Warga Nilai Tarif Tol tidak Layak Naik Tidak hanya kemacetan dan buruknya pelayanan yang dikeluhkan, penerangan di sepanjang ruas tol pun kerap buruk. VINI MARIYANE ROSYA

R

ENCANA penaikan tarif 14 ruas tol oleh pemerintah pada 7 Oktober mendatang ditolak sebagian besar masyarakat. Penaikan tarif tol dipandang tidak sesuai dengan pelayanan dari segi infrastruktur, maupun jalan tol yang masih sering macet. “Menurut saya (pelayanan) belum memuaskan, masih banyak jalan yang bolong-bolong juga. Apalagi Tol Cipularang,” ujar Yoga, 25, salah satu pengguna Tol Cipularang, tol dalam kota, JORR, serta Tol BSD-Bintaro kepada Media Indonesia, kemarin. Senada, Tri Wiwin, 29, seorang karyawan di salah satu bank swasta di Kebon Jeruk, Jakarta, menolak penaikan tarif tol tersebut. Kendati penaikan hanya sebesar Rp500, ia menegaskan bahwa hal itu tidak sesuai dengan layanan yang dinikmatinya di jalan tol. “Biasanya saya lewat Tol Jakarta-Tangerang setiap hari dari rumah ke kantor dan sebaliknya. Tol tapi tetap macet, lama pula layanan di loketnya,” kata warga Tangerang ini. Tidak hanya kemacetan dan buruknya pelayanan yang dikeluhkan Tri, laki-laki berambut

cepak itu juga mengeluhkan buruknya penerangan di sepanjang ruas jalan tol yang dilaluinya. Berdasarkan pengalamannya, penerangan kerap redup bahkan tidak menyala di malam hari. “Padahal kan penting banget penerangan di malam hari di jalan tol. Kalau gelap, mana bisa kita nyetir dengan tenang,” keluh Tri. Ia menekankan, tarif tol dapat dinaikkan jika kemacetan dalam tol dapat diurai dan semua layanan diperbaiki dan ditingkatkan. “Tidak seimbang lah harga dinaikkan, tapi pengguna enggak dapat kepuasan di tol,” tukasnya. Lain lagi dengan keluhan, Rudi, 27 yang menilai pemerintah tidak pantas menaikkan tol jika pelayanan serta ketertiban tol belum diperbaiki. Rudi mengaku kecewa dengan masih banyaknya derek liar di tol. Ia langsung bercerita pengalaman ayahnya yang sempat dipalak derek liar saat mobilnya mogok di jalan. Ketika mobil ayahnya mogok di tol dalam kota sekitar daerah Slipi mengarah ke Pancoran, tiga pria berbadan besar yang menaiki mobil derek langsung mengaitkan Inova milik ayahnya dengan mobil derek. Dengan memaksa, mereka pun menderek mobil tersebut dan mematok harga Rp700 ribu. “Mereka sangar-sangar langsung bilang, kalau mau mobil ini kembali, ambil di tempat kami.” Karena tidak banyak pilihan, akhirnya ayah Rudi tawarmenawar dengan derek liar tersebut dan harus membayar Rp300 ribu.

LINTAS BERITA LI 2.100 Pohon di DKI Rawan Tumbang 2 SEKITAR 2.100 pohon di wilayah Jakarta rawan tumbang. Jumlah SE itu sekitar 3% dari 70 ribu pohon yang telah diteliti di wilayah Ibu Kota. Ko Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Catharina Soeryowati mengatakan guna mengantisipasi itu, pihaknya telah menyiagawa kan petugas 24 jam untuk menangani bila ada pohon tumbang. ka “Ada enam posko yang siap membantu masyarakat saat ada pohon tumbang yakni posko dari dinas dan suku dinas di setiap po wilayah,” kata Catharina. wi Tanda-tanda pohon rawan tumbang adalah kondisi akar terpotong, batang keropos, kemiringannya hingga 30 derajat, dan daun ton rimbun. Masyarakat yang mengetahui adanya pohon tumbang dapat rim memberikan informasi ke Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI m melalui posko pohon tumbang dengan nomor telepon 021-53674133 m atau 021-53650412. (Ssr/J-2) ata

Bahan Peledak Disita di Depok B ENAM jenis bahan peledak berbahaya dan puluhan butir amunisi EN disita jajaran Polresta Depok, di antaranya 5 kg potasium, 1 kg bedi lerang, 4 kantong plastik bron seberat 0,8 kg. ler Bahan peledak tersebut biasa digunakan untuk membuat petasan berdaya ledak tinggi. Bahan itu disita dari dua pedagang di daerah be Tajur Halang dan Bojong Gede, Kabupaten Bogor. Ta Selain itu, polisi menyita enam pucuk senjata api. Polisi juga menangkap 13 tersangka yang terjaring dalam operasi senjata api m dan bahan peledak yang dilaksanakan pada 23 September hingga da Oktober. 2O “Razia ini merupakan bagian dari menciptakan kondisi wilayah hukum Depok dari kejahatan terorisme,” kata Kapolresta Depok hu Kombes Mulyadi Kaharni di Depok, kemarin. Ko Kedua pedagang itu merupakan distributor besar bahan petasan untuk wilayah Jabodetabek. Mereka ditangkap setelah empat orang un ditahan terlebih dahulu. (KG/J-2) di

Karcis Parkir Palsu di Tangsel K

Harusnya tidak kaget Di sisi lain, Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk Frans Sunito menilai masyarakat seharusnya tidak kaget dengan penaikan tarif tol yang memang diatur undang-undang setiap dua tahun sekali.

“No surprise-lah penaikan tarif tol ini. Setiap dua tahun tarif tol tertentu naik, bukan sesuatu yang besar. Masyarakat juga harusnya tidak usah kaget, tarif parkir naik, kalian tidak ribut,” kata Frans, kemarin. Saat disinggung kemacetan

yang masih terjadi di tol, Frans menegaskan kemacetan terjadi lantaran pertumbuhan lalu lintas dan pihaknya sebagai pengelola jalan tol tidak dapat melebarkan jalan. (NY/NG/*/J-4) vini@mediaindonesia.com

DIDUGA terjadi kebocoran pada sektor pelayanan parkir, Dinas DI Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Pe Tangerang Selatan menggelar inspeksi mendadak ke beberapa Ta lokasi parkir bahu jalan (on street) di wilayahnya. Hasilnya, petugas lok menemukan beredarnya karcis parkir ilegal di dua titik lokasi parkir m di Tangsel. Temuan karcis parkir ilegal didapat setelah petugas melakukan penyisiran. Selain itu, pihaknya mengindikasi ada pegawai dinas pe perhubungan setempat yang bermain dalam melakukan legalitas pe penyediaan karcis parkir seperti yang ada di area Ruko Griya Jape karta. ka “Hasil pendapatan sektor parkir on street dan off street yang minim di Tangsel sudah mulai ketahuan penyebabnya. Dari awal kita sudah menduga banyak terjadi penyelewengan di lapangan,” ujar Kepala m Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan Nurdin Marzuki. Di Saat ini pendapatan dari perparkiran yang masuk ke Pemkot Tangerang Selatan baru Rp4,8 juta. (DA/J-2) Ta

Tiga Mobil Hilang di Bandara Soekarno-Hatta

KEJAHATAN JALANAN: Sebanyak 259 tersangka yang terlibat kejahatan jalanan menutupi wajah mereka saat gelar barang bukti di Kantor Polda Metro Jaya, kemarin. Mereka ditangkap karena terlibat tindak pidana pemerasan, penjambretan, dan pencopetan di angkutan umum. MI/ANGGA YUNIAR

Aspal di Jaksel Diganti Beton UNTUK meminimalkan kerusakan jalan yang kerap tergenang air saat musim hujan, aspal di ruas jalan di 11 titik di Jakarta Selatan (Jaksel) diganti dengan beton secara bertahap. “Penggantian aspal dengan beton ini sebenarnya dari April 2011, ditargetkan selesai awal November 2011. Anggarannya sendiri sebesar Rp4,5 miliar,” kata Kasudin Pekerjaan Umum (PU) Jalan Jaksel Yayat Hidayat, kemarin. Yayat melanjutkan, 11 jalan yang dibeton di antaranya Jalan Haji llyas, Jalan Canadiyanti

7

Mampang, Jalan Cilandak Tengah, Jalan Praja Kebayoran Lama, Jalan Jagakarsa, Jalan Amil 7, Jalan Perdatam Terusan, Jalan Perdana Petukangan, Jalan Rawa Papan Bintaro, dan Jalan KKN Petukangan. “Jalan-jalan itu akan dibeton sekitar 300-400 meter dengan ketebalan rata-rata 20 sentimeter,” jelasnya. Menurut dia, jalan yang dibeton merupakan daerah yang juga rawan genangan di daerah yang rendah. “Ada juga yang memang sistem drainase di daerah itu jelek, bahkan tidak ada drainasenya. Selain itu bisa

juga jalan yang strukturnya labil, jadi kalau pakai aspal lagi cepat rusak,” kata dia. Ia menjanjikan beton yang digunakan merupakan beton kualitas utama. Ia juga memastikan jalan yang telah diganti dengan beton itu tidak mudah rusak ketika musim hujan datang. Semuanya diserahkan kepada kontraktor proyek pembangunan. “Kalau nanti kita cek seusai pengerjaan ada yang beda dan kurang, kita potong juga pembayaran mereka.” Ia menambahkan, perbaikan jalan sebagai salah satu upaya

untuk memperbaiki taraf hidup warga setempat. Sebab, program perbaikan jalan merupakan satu paket dengan agenda pembenahan RW kumuh di Jaksel. Pada bagian berbeda, Pemprov DKI akan menata pedestrian dan trotoar di kawasan Jl Gajah Mada-Hayam Wuruk, Jakpus, pada pertengahan 2012. Menurut Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Catharina Suryowati, saat ini pihaknya sedang membuat detail engineering design jalur pedestrian yang diperkirakan menelan dana Rp10 miliar. (NY/Ssr/J-4)

LEMAHNYA sistem keamanan di Bandara Soekarno-Hatta dimanfaatkan oleh jaringan pencuri kendaraan bermotor. Itu terbukti dengan hilangnya tiga mobil Toyota Avanza di areal parkir terminal 1A, 1B, dan 1C Bandara Soekarno-Hatta, kemarin. Berdasarkan informasi yang diperoleh, peristiwa itu diketahui setelah adanya laporan dari Abdullah Irwanto, 28, karyawan maskapai Lion Air kepada pihak Polres Metropolitan Bandara Soekarno-Hatta bahwa mobil Toyota Avan za nya, B-1582NFU, yang diparkir di terminal I-A raib. Ia meninggalkan mobil

di bandara pada Jumat (30/9) lalu untuk pergi ke Surabaya. Saat tiba kembali dari Surabaya Senin (3/10) malam, ia tidak mendapati mobilnya di tempat parkir. Anehnya, berdasarkan data yang dimiliki Secure Parking, mobilnya masih terdata berada di lokasi. Karena itu, Abdullah Irwanto mengajak petugas tersebut untuk melakukan pengecekan. Karena tidak ditemukan juga, akhirnya diyakini mobil miliknya benar-benar hilang. Bersamaan dengan itu, dua korban yang mengalami nasib serupa dengan Abdullah men-

datangi Polres Bandara. Keduanya melaporkan mobil Toyota Avanza mereka hilang. Suarta, 53, kehilangan Toyota Avanza B-1308-PFN dan Mohamad Nazmi, 40, kehilangan Avanza F-1665-CG. Saat dimintai konfirmasi, Kapolres Metropolitan Bandara Soekarno-Hatta Komisaris Besar Reynhard Silitonga mengatakan pihaknya sudah menerima laporan tersebut. Sampai saat ini kejadian itu masih dalam penyelidikannya. “Dalam kasus ini, kami juga sudah meminta keterangan dari beberapa petugas parkir bandara,” ujarnya. (SM/J-2)


N USANTARA

8

RABU, 5 OKTOBER 2011

Tol SemarangUngaran Alami Keretakan Seperti tol Cipularang di masa lampau, ruas Tol Semarang-Ungaran juga terkendala kontur dan tanah lunak. HARYANTO

R

ETAK dan ambles terus membayangi penyelesaian ruas tol Semarang-Ungaran, Jawa Tengah. Maret lalu, badan jalan sepanjang 200 meter ambles. Dalam beberapa hari terakhir, giliran retakan terjadi sepanjang 8 meter, di jalan sisi timur arah Ungaran, pada Kilometer 21. Lebar retakan mulai 1 milimeter hingga 5 milimeter. Retakan ini berada di wilayah Kelurahan Susukan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Posisinya membelah satu setengah bidang beton jalan tol atau seluas 4x5 meter, secara diagonal. Pada ruas yang sama, beberapa meter di sisi utara dan selatan retakan baru juga terlihat ada dua retakan lama. Retakan ini memang telah diperbaiki dengan cara disuntik, tapi keretakan terjadi lagi. Ketika dimintai komentarnya, Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo terlihat tidak senang. Ia enggan berkomentar banyak. “Soal retak bukan hak saya. Kapan jalan tol itu akan diresmikan, tanya saja ke pemerintah pusat,” tambahnya, seusai melantik pejabat eselon II Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, di Semarang, kemarin. Saat dimintai konfirmasi terp-

isah, Komisaris PT Trans Marga Jawa Tengah, pelaksana pembangunan tol, Danang Atmodjo mengatakan, untuk mengatasi retakan, pihaknya telah memasang 18 pilar jembatan dan ditopang dengan 124 borepile. “Kami berharap pemasangan borepile bisa mengatasi keretakan,” tandasnya. Ambles dan keretakan yang sering terjadi di jalan tol ini, ungkap pakar geologi Universitas Diponegoro Semarang Dwiyanto, diduga terjadi akibat kontur jalan tol yang berada di lembah. Selain itu, kondisi tanah di lokasi ini berkategori tanah lunak sehingga labil dan bergerak. “Kondisi lembah dengan tanah yang lunak ini sebenarnya sudah diketahui pihak kontraktor pelaksana proyek jalan tol,” tambahnya. Dia menyarankan, untuk mengatasi kondisi tersebut, hendaknya kontraktor mengganti tanah lunak di bawah jembatan itu dengan tanah urukan yang dipadatkan, sehingga lebih stabil. Seksi terberat Ruas Tol Semarang-Ungaran adalah bagian pertama dari rencana pembangunan Tol Semarang-Solo yang terdiri dari lima seksi. Empat seksi lainnya adalah Ungaran-Bawean, BaweanSalatiga, Salatiga-Boyolali, dan Boyolali-Solo. Panjang keselu-

ruhan ruas tol mencapai 75,7 kilometer dengan nilai investasi Rp8 triliun. Seksi Semarang-Ungaran memiliki medan yang paling berat jika dibandingkan dengan keempat seksi lainnya. Selain medan yang berbukit-bukit dengan lembah yang curam sedalam sekitar 50 meter, tanah di ruas ini sangat rawan longsor. Berdasarkan catatan, pada 1974, di wilayah ini pernah terjadi kejadian longsor besar. Akibatnya, ada titik timbunan tanah yang baru, rapuh dan rawan longsor. Konstruksi ruas Tol Semarang-Ungaran sebenarnya sudah kelar sejak Februari lalu. Namun, ketika direncanakan hendak diresmikan pada April, badan jalan tol mengalami longsor sebulan sebelumnya. Seusai longsor diperbaiki, peresmian direncanakan dilakukan Agustus, tapi hal itu urung dilakukan. Uji coba pernah dilakukan di jalan tol ini, yang dibuka untuk kendaraan pribadi pada H-7 hingga H+7 Lebaran 2011. Hanya saja, sampai saat ini belum ada kejelasan kapan jalan tol ini akan dioperasikan. Panjang Tol Semarang-Ungaran mencapai 14 kilometer, dengan tarif tol diusulkan Rp5.500Rp6.000. (N-2) haryanto@mediaindonesia.com

MI/M IRFAN

7 KEAJAIBAN DUNIA: Duta Komodo Indonesia Jusuf Kalla (tengah) didampingi istrinya, Mufida Kalla (kedua dari kanan), melihat seekor komodo di Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, kemarin. Mantan Wapres itu meninjau habitat komodo dalam rangka mengampanyekan komodo masuk 7 keajaiban dunia.

JK Ajak Masyarakat Dukung Komodo MANTAN Wakil Presiden Jusuf Kalla turut berpartisipasi mendukung Pulau Komodo untuk masuk sebagai New 7 Wonders alias 7 Keajaiban Dunia Baru. JK, begitu Jusuf Kalla biasa dipanggil, akan terus membantu mempromosikan Vote Komodo meski pemerintah Indonesia telah menghentikan dukungan kepada Pulau Komodo untuk masuk New 7 Wonders. Dalam kunjungannya ke Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, kemarin, JK menyarankan agar masyarakat

Indonesia berperan dalam memenangkan Pulau Komodo sebagai New 7 Wonders. Mantan wakil presiden yang belum lama ini didapuk lembaga swadaya masyarakat (LSM) Pendukung Pemenangan Komodo (P2 Komodo) sebagai Duta Komodo, itu menyebutkan cara mendukung Pulau Komodo. Yang pertama ialah mengirim pesan singkat (SMS) ketik komodo dan kirim ke 9818 atau vote komodo lewat website www.votekomodo.com. Ia optimistis bila masyarakat Indonesia mendukung, Pulau Komodo akan meraih gelar

Polda Jabar Telusuri Sumber Dana untuk Hadirkan Miss Universe

ANTARA/NOVERADIKA

PEMBANGUNAN PELATARAN TUGU: Pekerja menyelesaikan proses pembangunan pelataran Tugu, Yogyakarta, kemarin. Pemerintah Kota Yogyakarta melanjutkan pembangunan pelataran Tugu yang sempat dihentikan pada akhir 2010 lalu`karena adanya bencana erupsi Gunung Merapi.

DANA untuk menghadirkan Miss Universe 2011 Leila Lopez pada Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke-56 di Polda Jawa Barat, 11 Oktober mendatang, dipertanyakan. Ada isu bahwa dana untuk membayar Lopez selama 2 jam di Polda Jabar, yang mencapai Rp100 juta per jam, berasal dari pungutan para perwira menengah Polda Jabar. Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Agus Irianto menyanggah pernyataan itu. ‘’Tidak benar itu. Kami kini tengah menelusuri kebenaran adanya statement (dari salah seorang perwira menengah polisi) tersebut,’’ ujarnya. Ia menjelaskan, tidak ada perintah langsung ataupun tidak langsung dari Kapolda Jabar Irjen Putut Bayu Seno terkait dengan kedatangan Miss Universe tersebut. Ia mengakui memang Miss Universe akan menghadiri

acara Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke-56. ‘’Yang kami tangkap hanya itu (untuk promosi budaya dan pariwisata). Tidak ada maksud lain,’’ jelasnya. K e t u a Ya y a s a n K e m a l a Bhayangkari Jabar Coreta Putut Bayu Seno membantah adanya keterlibatan perwira polisi dalam kedatangan Miss Universe yang dibantu pihak Yayasan Puteri Indonesia. ‘’Dananya tidak sebesar itu. Kebetulan ada yang membantu dari pihak lain (sponsor),’’ tuturnya. Ia menjelaskan, Miss Universe sengaja diundang untuk mendukung acara amal yang digelar sekaligus menyambut Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari. Dalam acara tersebut, juga dilakukan kegiatan sosial, antara lain memberikan bantuan kepada anak yatim, anak cacat, serta pensiunan Polri. Assistent Corporate Public

Relation Manager Yayasan Putri Indonesia Ahmad R Subing membenarkan Miss Universe 2011 diundang untuk melakukan kunjungan dan kegiatan sosial budaya di pusat kerajinan dan kesenian budaya Jawa Barat. “Pada dasarnya siapa saja dapat mengundang Miss Universe, asalkan sesuai dengan kontrak dan prosedur yang berlaku. Dalam hal kunjungan ke Polda Jawa barat sebenarnya pihak event organizer HUT Bhayangkari yang mengundang Mustika Ratu, yang kemudian mendatangkan Miss Universe 2011,’’ jelas Ahmad. Ahmad menambahkan, secara detail program acara di Polda Jawa barat juga belum diterima Mustika Ratu hingga saat ini. Namun, yang pasti akan terdapat kegiatan sosial dan pertujukan kesenian tradisional. (San/EM/ Sus/N-1)

New 7 Wonders. “Handphone (telepon seluler) di Indonesia sekitar 150 juta. Masih ada 40 hari. Jadi, cukup 25 juta orang saja yang SMS,” katanya. Mantan wapres itu berpendapat kemenangan Pulau Komodo dalam New 7 Wonders akan berpengaruh besar bagi perekonomian Indonesia, terutama Pulau Flores. “Kalau ini berhasil, Flores menjadi Bali kedua. Orang tidak tinggal di pulau lain, orang tinggal di Flores. Ini satu momen yang terkenal. Seluruh dunia bisa tahu. NTT ini kan daerah termiskin. (Sta-

tus keajaiban dunia) ini akan meningkat kesejahteraan,” katanya. Ia juga berharap media massa turut berpartisipasi menyebarkan informasi terkait Pulau Komodo kepada masyarakat. Ia mengungkapkan promosi untuk memenangi gelar New 7 Wonders di sejumlah negara tidak hanya dilakukan rakyat, tetapi juga melibatkan presiden dan pimpinan negara. “Di Korea langsung presidennya. Di Afrika Selatan Desmon Tutu. Anda bisa lihat diinternet, itu luar biasa dukungannya.’’ (*/N-1)

Kabut Asap Ancam Keberangkatan Jemaah Haji POLA pembersihan ladang dengan cara dibakar masih terus dilakukan warga di musim kemarau. Sampai kemarin, praktik itu membuat kabut asap tebal menyelimuti sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Kondisi yang sama juga menimpa wilayah Palembang, Sumatra Selatan, dan Jambi. Sehari kabut menghilang, hari selanjutnya datang lagi menutupi kota. Sejumlah kalangan di Banjarmasin mengkhawatirkan kabut asap yang terus menyelimuti kota dikhawatirkan akan mengganggu pemberangkatan ribuan jemaah haji ke Tanah Suci. “Kabut asap juga sudah menyelimuti Bandara Syamsuddin Noor. Semakin pekat dan sempat mengganggu lalu lintas penerbangan,” ungkap Humas Kanwil Kementerian Agama Kalimantan Selatan (Kalsel), Hidayat, kemarin. Di Kalsel, kabut asap terparah melanda wilayah per-

batasan Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, dengan Kabupaten Barito Kuala, Kalsel, dan Kota Banjarbaru. Pada pagi hari, kabut asap yang pekat mengharuskan para pengguna jalan berhati-hati. Dinas Kesehatan Kalsel dan Kota Banjarmasin juga mulai membagikan ribuan masker kepada warga dan pelajar. Di Kalimantan Tengah, pembakaran lahan masih dilakukan di sejumlah kabupaten di sekitar Kota Palangkaraya. Namun, turunnya hujan di wilayah tersebut membuat kabut asap berkurang. Di Kota Palangkaraya pun yang tersisa hanya kabut asap tipis. “Hujan di sekitar Palangkaraya membuat kabut asap berkurang. Saat ini, jarak pandang di Bandara Tjilik Riwut membaik dan arus penerbangan semakin kondusif,” kata Kepala Cabang PT Garuda Indonesia Palangkaraya, Agus Dewanta. (DY/SS/WJ/N-2)

RI Usul Jadi Pusat Pengembangan Penelitian Iklim PEMERINTAH Indonesia mengusulkan pengembangan pusat penelitian terpadu regional adaptasi iklim dunia di cagar biosfer Giam Siak Kecil di Provinsi Riau. Pembangunan pusat penelitian iklim itu merupakan tindak lanjut dari komitmen Indonesia dalam kerja sama selatan-selatan (south south cooperation/SSC) yang difasilitasi UNESCO. “Kita berharap penelitian cagar biosfer Giam Siak Kecil ini dapat memberikan manfaat besar kepada masyarakat,” kata Menteri Kehutanan (Menhut) Zulkifli Hasan seusai membuka Workshop International Kerja Sama Selatan Selatan II di Pe-

kanbaru, Riau, kemarin. Menurut dia, implementasi pengembangan kawasan konservasi 680 ribu hektare hutan rawa gambut yang diinisiasi Sinarmas Forestry ke depannya akan mengambil konsep biovillage. Konsep pengembangan masyarakat itu memikirkan bagaimana masyarakat setempat dapat mengambil manfaat besar dari pelestarian konservasi cagar biosfer. Menhut juga menyambut baik hasil studi terpadu Penilaian Nilai Konservasi Tinggi di Semenanjung Kampar yang dilakukan secara kolaboratif oleh Tropenbos International Indonesia Programme (TBI

Indonesia), Badan Litbang Kehutanan, dan PT RAPP (Riau Andalan Pulp and Paper).

Kita berharap penelitian cagar biosfer Giam Siak Kecil ini dapat memberikan manfaat besar kepada masyarakat.” Rekomendasi utama dari studi multidisiplin tersebut adalah pentingnya perlindungan areal-areal kubah gambut yang terletak di bagian tengah Semenanjung Kampar. Selain itu, studi itu mengusulkan

perubahan perizinan yang terdapat di areal kubah gambut Semenanjung Kampar menjadi perizinan yang bersifat konservatif-produktif (restorasi ekosistem dan penyerapan karbon). Penelitian terpadu di Semenanjung Kampar tersebut merupakan penelitian komprehensif yang melibatkan tenaga ahli dari berbagai institusi. “Selama ini masyarakat kerap tak memperoleh manfaat dari usaha konservasi. Oleh karena itu, hasil dari banyak penelitian ini diharapkan dapat berdampak langsung ke masyarakat,” ungkap Zulkifli. Ia menambahkan, saat ini Indonesia telah memiliki tujuh

cagar biosfer, yaitu di Siberut, Giam Siak Kecil-Bukit Batu, Ujung Kulon, Cibodas, Tanjung Puting, Lore Lindu, dan Komodo. Ketujuh cagar biosfer itu juga bermanfaat secara signifikan dalam mendukung implementasi program REDD (reducing emission deforestation and forest degradation). Executive Director Lingkungan Sinarmas Forestry Canecio P Munoz didampingi Public Relations Nurul Huda mengatakan Eksistensi Giam Siak Kecil-Bukit Batu Biosphere Reserves adalah yang pertama di dunia yang berhasil diinisiasi swasta, dalam hal ini oleh Sinarmas Forestry. (RK/N-1)

ANTARA/SAPTONO

WORKSHOP INTERNASIONAL: Menhut Zulkifli Hasan (tengah) bersama Gubernur Riau Rusli Zaenal dan perwakilan UNESCO Sammy Makoto (kanan) seusai membuka Workshop Internasional Kerja Sama Selatan-Selatan II di Pekanbaru, Riau, kemarin.


T ANAH A IR

RABU, 5 OKTOBER 2011

9

DARI PULAU KE PULAU Aktivis Lukai Tubuh dengan Silet SARTONO, aktivis yang mengatasnamakan Panca Tuntutan Masyarakat (Pantura) Brebes, Jawa Tengah, melukai diri di halaman Kantor Bupati Brebes, kemarin. Sartono menyayat bagian tubuhnya dengan silet. Dalam aksinya Sartono sempat berang kepada salah satu petugas Satpol PP yang sedang bertugas di Kantor Bupati karena telah menghalang-halanginya saat meminta tanda tangan kepada sejumlah PNS di lingkungan pemkab. Menurutnya, tanda tangan itu merupakan bentuk dukungan keprihatinan atas aksi yang dilakukannya. Aksi tersebut merupakan yang kedua. Sartono pernah melakukan hal serupa, dalam menuntut Bupati Brebes menuntaskan dugaan pungutan liar dan korupsi sertifikasi guru. Selain melukai tubuh, Sartono akan mogok makan selama 11 hari. ‘’ (JI/N-3)

HARGA JAGUNG ANJLOK: Petani memanen jagung di lahan miliknya di Desa Langgengsari, Kecamatan Kembaran, Banyumas, Jawa Tengah, kemarin. Meski harga jagung saat anjlok berkisar antara Rp2.300 dan Rp2.500 per kilogram, para petani tetap menjualnya untuk modal memasuki musim tanam yang diperkirakan pertengahan Oktober mendatang.

Puluhan Warga Cianjur Keracunan SEBANYAK 33 warga Kampung Tipar, Desa Babakan Caringin, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, diduga mengalami keracunan seusai mengonsumsi pindang ikan bawal, kemarin. Mereka mengalami mual dan pusing disertai muntah-muntah. Lima orang dilarikan ke Puskesmas DTP Ciranjang karena kondisi cukup kritis, satu orang dievakuasi ke RSUD Cianjur. Sisanya, 27 orang mendapatkan perawatan sementara di Pos Pelayanan Desa Babakan Caringin. Semua korban mengonsumsi pindang ikan bawal yang dibeli dari seorang pedagang keliling, Senin (3/10). Sehari setelah mengonsumsi, warga merasakan mual dan pusing disertai muntah-muntah. Kepala Puskesmas Ciherang I Made Setiawan belum bisa memastikan penyebab dugaan keracunan 33 warga tersebut. “Dugaan sementara memang dari makanan berdasarkan penuturan korban. Namun untuk jelasnya, sampel makanan akan dicek di laboratorium,” kata Made. (BK/N-4)

MI/LILIEK DHARMAWAN

10.50 Wita

Korban Kekeringan Bertambah

Sumba, Nusa Tenggara Timur

Polisi Disiagakan di Lokasi Pertikaian

K

MI/LILIEK

KORBAN kekeringan di Kabupaten Malang, Jawa Timur, terus bertambah. Saat ini jumlah warga yang mengalami kekeringan di empat kecamatan mencapai 10.500 jiwa, dari jumlah sebelumnya 5.000 jiwa. Direktur Teknik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sulasmani menjelaskan empat kecamatan yang terkena dampak kekeringan ialah Singosari, Pagak, Gedangan, dan Sumbermanjing Wetan. ‘’Dari empat kecamatan itu, hanya 13 desa yang kekeringan,’’ kata Sulasmani. Ia menjelaskan sejauh ini PDAM terus memasok kebutuhan air bersih untuk warga. Dana bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim sebesar Rp5 juta sudah habis dipakai. Selain itu, PDAM juga mendapat bantuan jeriken sebanyak 20 buah yang diberikan kepada warga Desa Pagak dan Gedangan. Namun, sejauh ini warga tetap menunggu realisasi yang dijanjikan BPBD itu. (BN/N-3)

Bandara Ditutup, Mataram Merugi KOTA Mataram, NTB, kehilangan pendapatan Rp700 juta per tahun dari jasa perparkiran dengan penutupan Bandara Selaparang dan mulai beroperasinya Bandara Internasional Lombok (BIL) di Kabupaten Lombok Tengah, NTB, sejak 1 Oktober lalu. “Ada yang hilang memang, dan yang kasihan adalah sejumlah masyarakat yang selama ini menggantungkan hidup di Selaparang. Mereka kehilangan sumber pendapatan,” kata H Ahyar Abduh, Wali Kota Mataram, kemarin. Kehilangan sumber pendapatan tersebut belum termasuk sumber-sumber lainnya, seperti pajak restoran, reklame, sumber ekonomi masyarakat lainnya serta dampak psikologis yang timbul. Wali kota mengakui, pemindahan bandara meninggalkan perasaan sedih yang dalam. Bandara Selaparang dan sekitar yang terang benderang tibatiba sepi. “PT Angkasa Pura jangan terlalu lama membiarkan Selaparang kosong, sehingga tidak menjadi mubazir,” pintanya. (YR/N-4).

Penipu Perumahan Fiktif Dibekuk SATU pelaku penipuan dengan modus pembangunan rumah di Sidoarjo, Jatim, dibekuk polisi. Tersangka Erna Mustika, 41, bersama suaminya, Hendrik (masih buron), nekat mendirikan perusahaan fiktif PT Heeksa Group yang bergerak dalam bidang properti. Mereka mencetak brosur dan beriklan di media massa akan membangun perumahan Pesona Mustika. Selama beraksi sejak Januari 2011, sudah 78 orang menjadi korban. Mereka sudah membayar uang muka Rp3 juta-Rp12 juta. Total uang yang dikantongi pelaku mencapai Rp800 juta. Kasus ini terungkap setelah calon pembeli mulai curiga saat meninjau lokasi perumahan. Sebab, di sana belum ada realisasi pembangunan rumah seperti yang dijanjikan. “Saat ini kami masih mengejar Hendrik yang kabur,” kata Kapolres Sidoarjo AKB Eddy Hermanto, kemarin. (HS/N-4)

Kasus Narkoba Suntik Tertinggi di Jakarta

EPOLISIAN Resor Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur, menerjunkan sedikitnya 20 personel untuk mengamankan lokasi perang tanding di Kampung Ida Bonnu, Desa Tebara, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat. Kapolres Sumba Barat Ajun Komisaris Besar (AKB) Yayat Jatmika yang dihubungi kemarin mengatakan polisi ditempatkan di perbatasan, di antara dua kampung yang bertikai. Perang tanding yang terjadi Senin (3/10) dipicu konflik tanah Suku Ama Dama asal Kampung Kolowo Djawa, Desa Waimaringi, melawan Suku

11.30 WIB

Ama Wini asal Kampung Ida Bonu dan Golo Kawunu, Desa Tebara. Dalam peristiwa itu satu orang tewas dan tiga rumah dibakar. Dikatakan Yayat, satu hari setelah perang tanding sebenarnya keadaan di lokasi kejadian sudah kondusif. Namun, polisi masih akan berjaga-jaga guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Pasalnya, sejumlah warga yang sebelumnya terlibat perang tanding masih berkumpul di beberapa tempat. Yayat mengaku telah menemui pimpinan dan sejumlah anggota kedua suku untuk dimintai keterangan. Tetapi, be-

Serang, Banten

13.20 WIB

Ahmad Hidayat, Ketua Forbes GMD Se-Tangerang Raya, dalam siaran persnya, kemarin. Menurutnya, tidak ada petunjuk maupun instruksi langsung dari Partai Demokrat untuk melakukan konsolidasi memenangkan pasangan Wahidin-Irna. “Sebagai organisasi sayap partai yang paling tua, jelas kami merasa diabaikan. Kami pun memiliki pandangan sendiri untuk pilgub Banten mendatang,” katanya. Lembaganya tidak mendukung pasangan itu karena visi dan misi mereka tidak jelas dan tidak mencerminkan Banten yang masih berusia muda. (RO/N-4)

Surakarta, Jawa Tengah

Mafia di Balik Raibnya Wayang Kuno POLISI terkesan segan mengungkap kasus pencurian dan pemalsuan koleksi kuno Museum Radya Pustaka. Padahal, kasusnya sangat mudah dan gamblang. “Kalau serius mengusut, polisi harus lebih proaktif. Panggil saya dan teman-teman bekas Tim Lima, semua pasti bisa diungkap. Ada mafia besar yang menggerogoti bendabenda cagar budaya milik negara,” tukas Ki Jlitheng Suparman, salah satu dari Tim

14.50 WIB

Lima, kemarin. Dia tidak percaya bahwa benda mati bisa keluar masuk sendiri dari lemari pamer di Radya Pustaka. “Nah, ini semua bagian polisi untuk mengungkap.” Kasat Reskrim Polresta Surakarta AK Eddy Sitepu, mengaku belum bisa memberikan penjelasan. Padahal, lebih dari sepekan, dia berjanji akan memanggil Tim Lima untuk dimintai klarifikasi. “Saya sedang sakit, Mas, maaf.” (WJ/N-4)

Lamongan, Jawa Timur

Relokasi Pasar Ditolak ANTARA

DKI Jakarta menempati posisi teratas penderita HIV dan AIDS di Indonesia. Menurut Kepala Badan Pembinaan Masyarakat, Perempuan, dan KB Provinsi DKI Jakarta, Asep Syarifudin, tingkat penularan HIV di kalangan pemakai narkoba suntik (penasun) mencapai 55%. ‘’Sampai Desember 2010, terdapat kasus HIV dan AIDS sebanyak 2.692 orang,’’ kata Asep pada acara Pertemuan AIDS Nasional IV di Yogyakarta, kemarin. Tingginya jumlah penderita HIV dan AIDS di Jakarta disebabkan kota itu memiliki daya tarik besar bagi para pendatang. Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi DKI Jakarta Rohana Manggala menambahkan, untuk menurunkan tingkat infeksi HIV, diadakan program Pemulihan Adiksi Berbasis Masyarakat (PABM) dan Pencegahan HIV dan AIDS melalui Transmisi Seks (PMTS). (AT/N-3)

PEDAGANG pasar tradisional di Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan, Jatim, menolak relokasi pasar. Itu karena tempat penampungan sementara yang disediakan Pemkab Lamongan sangat minim baik dari jumlah kios maupun sarana penunjang lainnya. “Pemkab seenaknya sendiri merelokasi. Jumlah pedagang Pasar Babat ada 2.389, tapi pemkab hanya sediakan 1.473 lapak. Pedagang lain bagaimana? Kita tidak menolak pembangunan pasar,” ujar Nur

lum ada orang yang ditetapkan sebagai tersangka. Polisi masih menunggu situasi kembali kondusif sebelum memanggil warga yang terlibat perang untuk dimintai keterangan. “Kita masih konsolidasi dan akan panggil saksi-saksi untuk diperiksa,” katanya. Upaya perdamaian juga dilakukan di Ambon, Maluku, ke-

12.00 WIB

Pemuda Demokrat Membelot ke Atut FORUM Bersama Gerakan Pemuda Demokrat (Forbes GMD) Se-Tangerang Raya bertekad mendukung pasangan AtutRano. Itu bertentangan dengan Partai Demokrat sebagai induk semang mereka yang mendukung pasangan lain. Sikap tersebut diambil Forbes GMD Se-Tangerang Raya lantaran tak pernah ada koordinasi lintas lembaga antara calon yang diusung Partai Demokrat dan lembaga kepemudaan di internal partai tersebut. “Selama ini, calon yang diusung Partai Demokrat tak pernah menjalin hubungan dengan kami. Malah sebaliknya, pasangan Atut-Rano yang lebih memahami gerakan kami,” kata

Sejumlah warga yang sebelumnya terlibat perang tanding masih berkumpul di beberapa tempat.”

Ali, perwakilan pedagang, saat berunjuk rasa bersama ribuan pedagang lain, kemarin. Aksi penolakan dilakukan saat peletakan batu pertama pembangunan Pasar Babat oleh Bupati Lamongan Fadeli, kemarin. Namun, ribuan pedagang tidak bisa menyampaikan aspirasi karena dihadang petugas gabungan dari TNI dan Polri. Sempat terjadi kericuhan antara pedagang dan petugas. Massa mengalah dan beranjak ke Ponpes Sunan Drajat, Kecamatan Paciran. (YK/N-4)

marin. Warga tiga negeri (desa) berbeda agama yakni Rumah Tiga, Wakal, dan Hitumessing, menggelar ritual panas gandong di Desa Rumah Tiga. Ritual ini dilakukan untuk mencegah bentrokan, seperti yang terjadi pada 11 September 2011. Apalagi ketiga negeri itu sejak dulu kala terikat oleh adat pela gandong (persaudaraan satu kandung). Warga Rumah Tiga mayoritas beragama Kristen, sedangkan Wakal dan Hitumessing, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, beragama Islam. Ritual tersebut dihadiri ratusan warga dari ketiga negeri itu. Raja dan pejabat dari ketiga

negeri membacakan sumpah dan janji gandong yang disusun bersama oleh saniri (lembaga adat) ketiga negeri itu. Seusai ritual, warga ketiga negeri bersama-sama menyanyikan lagu gandong dan makan patita atau makan bersama-sama yang merupakan tradisi orang Maluku. Ritual panas gandong itu juga dihadiri Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu, Wali Kota Ambon R i c h a r d L o u h e n a p e s s y, Ketua Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM) Pendeta Jhon Ruhulessin, dan Bupati Maluku Tengah Abdullah Tuasikal. (PO/HJ/N-4)

Bandung, Jawa Barat

Enam Gunung Api Berstatus Siaga ENAM gunung api berstatus siaga atau level III. Dalam menanggapi status tersebut, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melakukan pengawasan secara intensif. “Saat ini, ada enam gunung api berstatus siaga atau level III, terakhir Gunung Anak Krakatau naik statusnya menjadi siaga sejak 30 September 2011,” kata Kepala PVMBG Badan Geologi Surono ketika dihubungi di Bandung, kemarin. Selain Gunung Anak Krakatau, lima gunung api lainnya, Gunung Lokon, Karangetang, Papandayan, Anak Ranakan, dan Gunung Tambora, bersta-

ANTARA

tus siaga. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak dalam beberapa tahun terakhir. “Masyarakat

dan wisatawan tidak boleh mendekati gunung itu dalam radius 2 kilometer dari kawah,” tegasnya. (Ant/N-4)


10

I NTERNASIONAL

RABU, 5 OKTOBER 2011

Unjuk Rasa Wall Street Meluas di AS

AP/ JOHN MINCHILLO

ALA ZOMBI: Para pengunjuk rasa gerakan Duduki Wall Street beraksi ala zombi di New York, Senin (3/10). Unjuk rasa ini makin banyak mendapat pendukung dan menjalar ke seluruh Amerika Serikat.

Demonstran mendirikan kamp dan menerbitkan surat kabar Occupied Wall Street Journal. DERI DAHURI

A

KSI unjuk rasa menentang para bankir dan pengusaha di Wa l l S t re e t m e masuki hari ke-18, kemarin. Seiring dengan berjalannya waktu, aksi telah meluas ke berbagai wilayah Amerika Serikat (AS). Para demonstran tampak mendirikan perkampungan tenda di taman-taman publik dari Los Angeles, Negara Bagian California hingga Portland, Negara Bagian Maine. Di sana mereka terus mengungkapkan kemarahan terhadap kondisi perekonomian yang goyah dan perusahaan-perusahaan yang dinilai tamak. Di Manhattan, ratusan demonstran mengenakan kostum zombi. Dengan tangan

memegang tumpukan uang tiruan, mereka berjalan kaki menuju Gedung Bursa Efek New York. “Bagaimana mengatasi defisit: akhiri peperangan, pajaki orang kaya!” cetus para demonstran. “Saya mencium bau uang!” timpal demonstran lainnya. Pemandangan serupa juga tampak di Kota Chicago. Kelompok demonstran lain mendirikan tenda dan mengibarkan sejumlah poster ke arah kendaraan-kendaraan yang melintas di Boston, St Louis, Kansas City, Missouri, dan Los Angeles. Para mahasiswa yang berunjuk rasa mengaku cemas dengan masa depan lapangan pekerjaan. Terlebih banyak pekerja kelas menengah yang dipecat dari pekerjaan mere-

ka. Mereka semakin kecewa setelah 700 demonstran di Jembatan Brooklyn ditangkap akhir pekan lalu. Sejumlah demonstran lebih suka menyebut diri mereka dengan ‘gerakan pesta teh’ alias Tea Party, meniru gerakan pada era kolonialisme Inggris di Boston. “Kami merasa kekuasaan di Washington berkompromi dengan Wall Street,” kata Jason Counts, seorang pakar sistem komputer, yang turun ke jalan Kota St Louis untuk berunjuk rasa. “Kami ingin satu suara dan sudah lama suara kami secara perlahan diabaikan.” Aksi unjuk rasa Wall Street dimulai pada 17 September lalu dengan diikuti puluhan orang. Mereka mendirikan tenda-tenda di depan Gedung Bursa Efek New York. Dengan berjalannya waktu, jumlah demonstran meningkat menjadi ratusan orang. Selanjutnya mereka membangun kamp dekat taman dan

menjadikannya pusat kegiatan. Dari kamp tersebut, bantuan medis dan hukum bagi demonstran disiapkan. Bahkan mereka menerbitkan surat kabar sendiri dengan nama Occupied Wall Street Journal. Pihak kepolisian setempat tidak tinggal diam. Sebanyak 100 demonstran ditangkap pada 24 September. Kemudian pada Sabtu (1/10) lalu, polisi menangkap 700 demonstran yang dituduh melanggar ketertiban dengan memblokade jalan umum di Jembatan Brooklyn. “Pada saat ini, kami belum mengantisipasi kemungkinan kerusuhan lebih luas,” kata Tim Flannelly, juru bicara Biro Investigasi Federal (FBI). “Jika ini terjadi di kota, Departemen Polisi New York (NYPD) dan FBI akan mengerahkan tenaga yang tersedia untuk mengendalikan semua perkembangan.” (Reuters/AP/I-5) deri@mediaindonesia.com

Afrika Selatan Tolak Permohonan Visa Dalai Lama PE PEMIMPIN spiritual Tibet Dalai Lama gagal menghadiri peraLa yaan ulang tahun ke-80 pahlaya wan modern Afrika Selatan, w Uskup Desmond Tutu, pekan ini, Us lantaran permohonan visanya la ditolak pemerintah negara itu. di Dalam pernyataannya, kemarin, kantor Dalai Lama mem ngatakan Dalai terpaksa memng batalkan kunjungan tersebut ba karena visa belum juga dikeluka arkan pemerintah Afsel. Padaar hal, mereka sudah mengajukan ha permohonan visa itu beberapa pe pekan sebelumnya. pe Kantor Dalai mengatakan pemerintah Afsel mendapat pe tekanan keras dari pemerintah te China untuk tidak mengeluCh arkan visa bagi Dalai. China, ar

yang merupakan mitra dagang terbesar Afsel, menilai Dalai sebagai seorang separatis yang berbahaya. “Karena itu, kami yakin, apa pun alasannya, pemerintah Afrika Selatan tidak merasa nyaman mengeluarkan visa bagi Yang Mulia Dalai Lama,” demikian pernyataan kantor Dalai, kemarin. Dalai Lama dan Tutu sama-sama pernah meraih penghargaan Nobel untuk Perdamaian. Keduanya menerima penghargaan tersebut karena melakukan perjuangan tanpa kekerasan. Dalai terhadap pemerintah China sedangkan Tutu pada masa pemerintahan apartheid Afsel. Rencana kedatangan Dalai

Lama menjadi persoalan pelik bagi pemerintah Afsel yang memiliki hubungan ekonomi makin erat dengan China. China mendesak Pretoria untuk menolak aplikasi visa untuk Dalai. Dalam pernyataannya pekan lalu, Uskup Desmond Tutu mengatakan penolakan visa untuk Dalai Lama serupa dengan kebijakan yang diterapkan rezim apartheid Afsel dahulu. Kala itu, mereka melarang warga kulit hitam Afsel melakukan perjalanan ke luar negeri. Pekan lalu, China menyepakati proyek investasi senilai US$2,5 miliar di Afsel saat Wakil Presiden Afsel Kgalema Motlanthe mengunjungi Beijing. (Hde/Reuters/I-5)

A Afghanistan K Kerja Sama Ekonomi dengan India PRESIDEN Afghanistan Hamid PR Karzai tiba di New Delhi, India, Ka kemarin, untuk lawatan dua ke hari ke ‘Negara Hindustan’ ha tersebut. Pertemuan antara te Karzai dan Perdana Menteri Ka India Manmohan Singh itu diIn agendakan sebulan lalu. ag Dalam lawatan itu, Karzai akan menjajaki peningkatan ak hubungan ekonomi antara hu Afghanistan dan India. PasalA nya saat ini, India merupakan ny salah satu investor terbesar di sa negaranya. ne Sejak militer Amerika Serikat (AS) terlibat di Afghanistan (A pada 2001 hingga saat ini, nilai pa investasi India telah mencapai in US$2 miliar untuk berbagai U proyek pemerintah termasuk pr pembangunan jalan dan gepe dung parlemen. du Pada 2014, Washington berencana menarik militernya re dari Afghanistan. Dengan peda nanganan keamanan tidak lagi na dipegang tentara AS, India di sangat berharap investasinya sa tidak terganggu. Karzai dan tid Manmohan akan membahas M

AP/ MUSTAFA QURAISHI

BERJABAT TANGAN: Presiden Hamid Karzai (kanan) berjabat tangan dengan Menteri Muda Luar Negeri India E Ahamed setibanya di New Delhi, India, kemarin. mengenai investasi. Di sisi lain, beredar kabar lawatan itu juga untuk menjajaki kemungkinan perjanjian kerja sama keamanan. Peneliti dari Observer Research Foundation, Saeed Naqvi, menyatakan Karzai tengah frustrasi dengan ulah Pakistan yang dinilainya turut mendukung kelompok militan. Karzai sangat ingin India membantu melatih aparat keamanan Afghanistan sebagai bagian dari kerja sama keamanan. “Kunjungan Karzai sangat krusial untuk mendorong keterlibatan India di wilayah Afghanistan,” ujar Saeed.

Seperti dikutip dari Al Jazeera, Karzai menyatakan sejatinya pihaknya mencoba bekerja sama dengan Pakistan untuk mengatasi aksi kelompok militan. Namun, Karzai melihat Pakistan tidak memiliki iktikad baik. “Republik Islam Pakistan tidak mau bekerja sama dengan kami untuk membawa kedamaian dan keamanan di Afghanistan,” ujar Karzai. Menghadapi kekhawatiran Pakistan, seorang petinggi India mengatakan India lebih memfokuskan pada perdagangan dan bantuan ekonomi. (*/AP/ Reuters/I-3)

Warisan Steinman untuk Dunia

T

ELEPON seluler itu bergeming. Tiga hari telah berlalu sejak empunya meninggal dunia, pada Jumat (30/9) lalu. Entah sudah berapa banyak panggilan tak terjawab tercatat di alat komunikasi tersebut. Namun, Claudia Steinman tidak menggubrisnya. Janda Ralph Steinman itu masih berduka setelah ditinggalkan sang suami. Perhatian Claudia baru tersita ketika sebuah surat elektronik masuk ke ponsel milik suaminya. Pengirimnya, Komite Penghargaan Nobel di Swedia. Surat itu berisi pemberitahuan bahwa Ralph Steinman didaulat sebagai penerima Nobel bidang kedokteran. “Ini berita yang luar biasa menyedihkan,” kata Ketua Nobel Foundation Lars Heikensten, ketika mengetahui bahwa Ralph Steinman meninggal dunia tiga hari sebelum dinyatakan sebagai penerima Nobel. Berita kematian Ralph Steinman bukannya tanpa kontroversi bagi Komite Penghargaan Nobel. Sejatinya Hadiah Nobel tidak dapat diberikan kepada seseorang yang telah meninggal dunia. “Namun, keputusan menganugerahi Hadiah Nobel untuk Ralph Steinman didasari asumsi bahwa dia masih hidup,” sebut komite itu. Steinman meninggal dunia empat tahun setelah didiag-

REUTERS/ZACH VEILLEUX

MENINGGAL: Mendiang Ilmuwan Ralph Steinman berpose di dalam laboratoriumnya beberapa waktu lalu. Peraih Hadiah Nobel Bidang Kedokteran ini meninggal karena serangan kanker beberapa hari sebelum namanya diumumkan sebagai pemenang Senin (3/10). nosis mengidap kanker pankreas. Dia merupakan pakar imunologi yang menemukan sel-sel dendritic pada 1973, saat bekerja sebagai peneliti di Universitas Rockefeller, New York, Amerika Serikat. Sel-sel dendritic itu, menurut Steinman semasa hidup, merupakan dirigen sistem kekebalan tubuh manusia lantaran mengatur kinerja selsel lainnya. Steinman mencoba delapan hingga 10 terapi yang dikembangkannya sendiri dengan persetujuan pemerintah AS.

Dia hendak menemukan cara untuk menguatkan sistem kekebalan tubuhnya demi melawan kanker. Universitas Rockeffeler mengklaim Steinman dapat bertahan empat tahun lantaran terapi yang dia kembangkan dan pada saat bersamaan menempuh kemoterapi. Sebelum meninggal, Steinman berkata kepada putrinya, Alexis, “Saya harus bertahan. Mereka (Komite Nobel) tidak memberikan (Nobel) jika saya meninggal.” (Jer/AP/ Reuters/I-2)


J AGAT

RABU, 5 OKTOBER 2011

ON THIS DAY

07.01 WIB

1886 Johannesburg Berdiri

09.22 WIB

KOTA Johannesburg, selain kota terbesar di Afrika Selatan, juga salah satu kota terbesar di Benua Afrika. Johannesburg merupakan kota bersejarah dengan latar belakang perselisihan antara kaum Boer (petani) Belanda perintis yang bermukim di Transvaal dan para penambang Inggris yang membantu membangun kota. Kota ini berdiri pada 5 Oktober 1886, saat emas ditemukan di Witwatersrand, sebuah lokasi yang merupakan satu dari sekian banyak bidang tanah yang dinyatakan sebagai galian umum. Di bawah komisaris Johann Rissik dan Christian Johanes Joubert, Johannesburg mulai tumbuh sebagai kota utama di daerah pertambangan tersebut dan menjadi pusat jalur kereta api seluruh Afrika Selatan. Pada 1899, Perang Boer pecah antara Inggris dan Afrika Selatan. Afrika Selatan menemui kekalahan pada 1900 dan pertambangan pun diserahkan kepada Inggris. Pada 1922, penambang berkulit putih mogok kerja karena memprotes penempatan orang kulit hitam pada posisi setengah terampil. Kericuhan tersebut menelan korban 200 jiwa dan mengawali ketegangan yang mengarah pada UU Apartheid pada 1940-an.

1947 Pidato Gedung Putih Pertama di Televisi PRESIDEN AS saat itu, Harry Truman, menjadi presiden pertama ‘Negeri Paman Sam’ yang melakukan siaran langsung dari Gedung Putih. Dalam AP/CHARLES DHARAPAK pidatonya itu, Presiden Truman mengingatkan warga AS untuk melakukan penghematan sebagai bagian dari program bantuan pangan kepada Eropa. Saat itu Eropa sedang dalam tahap pemulihan Perang Dunia II sehingga masih menderita keterbatasan pangan. Pada masa itu, yakni 1947, televisi masih amat jarang digunakan. Perbandingannya, hanya seorang yang memiliki televisi dari ribuan penduduk AS. Untuk mendengar berita atau sekadar hiburan, radio masih menjadi primadona sehingga warga AS banyak yang melewatkan pidato bersejarah Truman. Sejak saat itu, Truman dianggap sebagai salah satu pionir dalam melakukan siaran televisi dari Gedung Putih. Walau begitu, Truman bukan presiden AS yang pertama muncul di televisi. Presiden Roosevelt pertama kali melakukannya pada 1939 di acara World’s Fair di New York.

SEMBILAN pembelot asal Korea Utara yang ditemukan dalam sebuah perahu kayu kecil di lepas pantai Jepang telah dibawa ke Korea Selatan untuk dimukimkan. Para pembelot yang terdiri dari 3 pria, 3 perempuan, dan 3 anak laki-laki itu tiba di Bandara Internasional Incheon, dekat Seoul, kemarin. Kedatangan mereka ke Korsel berselang tiga pekan setelah mereka ditemukan terluntalunta di pantai barat Jepang. Tokyo memutuskan untuk menghormati keinginan mereka supaya dikirim ke Korea

14.55 WIB

WIKIPEDIA

POLISI harus menggunakan tongkat dan kanon air untuk membubarkan demonstran di Londonderry, Irlandia Utara. Setidaknya 30 orang, termasuk anggota parlemen Gerard Fitt, dan

beberapa anak kecil terluka. Berdasarkan laporan saksi mata, polisi dengan ganas memukuli peserta pawai dengan tongkat dan menyembur mereka dengan air dari truk baja polisi. Para demonstran kemudian membalasnya dengan melemparkan bom molotov. Menurut pengakuan Fitt, ia dari awal memang sudah menjadi sasaran polisi. Fitt yang terkena pukulan tongkat langsung dilarikan ke rumah sakit setelah darah mulai mengucur dari kepalanya. Awal kekacauan itu dimulai di kawasan Duke Street, ketika para demonstran bertemu dengan barikade polisi. Demonstrasi itu diorganisasi oleh Northern Ireland Civil Rights Association (NICRA) karena merasa didiskriminasi oleh kelompok Partai Protestant Unionist yang menguasai mayoritas wilayah tersebut.

1999 Hasil Investigasi Tabrakan Kereta di Paddington

BBC.CO.ID

INVESTIGASI telah dilakukan untuk mengetahui kejadian kecelakaan tabrakan dua kereta di dekat Stasiun Paddington, London, yang menyebabkan 31 orang tewas dan lusinan lainnya terluka. Penyataan publik yang dipimpin hakim Skotlandia Lord Cullen mengumumkan puluhan rekomendasi keselamatan dan jalur rel kereta, serta mengatakan perusahaan yang bertanggung jawab atas infrastruktur dan investasi rel telah gagal menanggapi peringatan tentang masalah rambu. Ia juga mengkritik Inspektorat Eksekutif Kesehatan dan Keselamatan Kereta serta merekomendasikan pembentukan Badan Keselamatan Industri Kereta Independen.

REUTERS/LIM HUN-JUNG/YONHAP

Selatan. Demi keselamatan diri dan keluarga mereka yang masih berada di Korut, kesembilan pembelot itu diwajibkan memakai kacamata hitam, topeng, dan bertudung. Jika identitas mereka terungkap, tidak tertutup kemungkinan keluarga

mereka di Korut akan dikenai hukuman berat karena kerabat mereka membelot. Sejak Perang Korea berkecamuk pada 1950-1953, lebih dari 21 ribu warga Korut membelot ke Korsel. Sangat jarang warga Korut yang membelot ke Jepang. (*/AP/I-2)

TOKOH demokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi khawatir kerusuhan dan kekerasan yang kerap meletus di Myanmar belakangan ini akan menyulitkan negara itu untuk mencapai persatuan dan demokrasi. “Saya kira kami seharusnya sangat khawatir dengan meningkatnya aksi kerusuhan yang terjadi di berbagai penjuru Myanmar,” tukas Suu Kyi saat melakukan komunikasi melalui fasilitas video conference dengan para akademisi Universitas Johannesburg, Afrika Selatan, kemarin. Menurutnya, kerusuhankerusuhan itu menunjukkan be sarnya tantangan untuk menyatukan berbagai kelom-

pok etnik di Myanmar. Meski begitu, lanjut putri pahlawan Myanmar itu, pihaknya terus berusaha agar bisa menyatukan perasaan dan pikiran orang Myanmar sebagai kesatuan bangsa. “Kami akan meraih kesuksesan atas demokrasi yang kami perjuangkan. Kami tidak akan hanya duduk. Kami akan bergerak meraih apa yang kami inginkan,” tegas Suu Kyi yang mengaku terinspirasi oleh gerakan menolak Apartheid di Afrika Selatan. Suu Kyi hadir lewat tayangan video conference itu untuk menerima gelar kehormatan dari Universitas Johannesburg. (*/ AP/I-2)

Bangkok, Thailand

Banjir Rendam Kuil Chai Wattanaram K

UIL warisan budaya dunia Chai Wattanaram yang berusia 400 tahun di Ayutthaya masih terendam banjir sejak pertengahan Juli lalu akibat luapan Sungai Chap Phraya. “Ketinggian air sekarang mencapai 1,5 meter. Sebanyak 150 tentara telah dikerahkan ke lokasi untuk memperbaiki tanggul yang jebol,” ujar Gubernur Ayutthaya Wittaya Pewpong, kemarin. Wittaya menerangkan, 200 dari 500 kuil kuno di Ayutthaya terkena dampak banjir yang disebabkan topan tropis. Menteri Kebudayaan Thailand Su-

kumol Kunplome menyebutkan total kerugian wilayah situs bersejarah di seluruh ‘Negeri Gajah Putih’ itu mencapai 100 juta baht (sekitar US$3,2 juta). Banjir juga dikabarkan merendam sebagian Kota Bangkok--yang berada 2 meter di bawah permukaan air laut. Akibatnya, puluhan jalur kereta api bawah tanah pun terpaksa ditutup. Departemen Meteorologi Thailand menyatakan, selain menggenangi wilayah permukiman di Bangkok, air bah yang dibawa angin topan juga merendam sekitar 1,2 juta hektare lahan pertanian. Pemerintah Thailand menyatakan total sekitar 224 warganya

tewas akibat banjir yang melanda sejak pertengahan Juli lalu. Kemarin, pemerintah Thailand menyatakan telah menyetujui anggaran sebanyak 8 miliar baht (sekitar US$256 juta) untuk membantu petani yang lahan pertaniannya hancur serta orang-orang yang kehilangan rumah akibat banjir. Adapun di negara tetangganya, Kamboja, sekitar 164 orang tewas akibat banjir yang melanda wilayah tersebut sejak 13 Agustus 2011. Deputi Direktur Informasi Komite Badan Nasional Manajemen Bencana Kamboja Keo Vy me-

nyatakan banjir juga menyebabkan sekitar 215 ribu warga terpaksa mengungsi di pos-pos penampungan. Banjir tersebut, imbuhnya, telah menghancurkan banyak jalan, jembatan, dan tanggul. Di samping itu, sekitar 300 ribu hektare lahan pertanian di Kamboja rusak karena terendam banjir. “Ini berdampak pada krisis pangan yang akan dihadapi warga,” tandasnya. (*/ Reuters/ I-2)

MENDAYUNG: Seorang pria mendayung perahunya melewati kuil Chai Wattanaram di Provinsi Ayutthaya. Kuil warisan dunia ini terendam banjir yang melanda Thailand sejak pertengahan Juli lalu. REUTERS/CHAIWAT SUBPRASOM

14.06 WIB

1968 Demonstrasi Londonderry Berakhir Rusuh

Johannesburg, Afrika Selatan

Suu Kyi Cemaskan Kerusuhan

Sembilan Pembelot Korut Tiba

WIKIPEDIA

5 Oktober l BBC l History l Dok MI

Seoul, Korea Selatan

11

Manila

AP/AARON FAVILA

Pengamanan Perusahaan Tambang Diperketat PRESIDEN Benigno Aquino III memerintahkan aparat keamanan Filipina untuk meningkatkan penjagaan terhadap perusahaan-perusahaan pertambangan. Hal itu dilakukan setelah kelompok pemberontak komunis menyerang dan menghentikan operasi produsen nikel terbesar negara itu. Senin (3/10), lebih dari 200 pemberontak melucuti senjata penjaga pertambangan, menyekap staf, membakar aset perusahaan, dan menyergap iring-iringan polisi yang tengah melaju menuju tiga lokasi penambangan yang dikelola Nickel Asia Corp dan Platinum Group Metals Corp, di selatan Provinsi Suriago del Norte. Dalam melaksanakan instruksi presiden, Menteri Dalam Negeri Jesse Robredo mengatakan pasukan tambahan dan milisi sipil bersenjata akan dikirim untuk meningkatkan keamanan di sekitar wilayah pertambangan. “Di wilayah tersebut terdapat investasi yang sangat besar, tetapi tampaknya penjagaan di sana terlalu lemah. Kami memastikan keamanan akan diperkuat,” kata Robredo. (*/ AP/I-2)


12

K ESEHATAN

RABU, 5 OKTOBER 2011

INFO Cegah Alergi dengan Gizi ALERGI merupakan salah satu penyakit yang diturunkan secara genetis. Pemberian asupan gizi yang sesuai sejak bayi penting untuk mengembangkan sistem kekebalan alami sehingga mampu mengurangi risiko alergi. “Air susu ibu (ASI) adalah makanan terbaik untuk bayi. ASI bermanfaat untuk membangun sistem kekebalan tubuh bayi,” ujar Profesor Sibylle Koletzko, Kepala Divisi Paediatric, Gastroenterology and Hepatology di Dr v Haunersches Kinderspital, Jerman, saat berbicara pada seminar bertajuk Pencegahan Alergi dengan Intervensi Gizi yang digelar Nestle Nutrition Institute di Manado, beberapa waktu lalu. Setelah ASI eksklusif diberikan pada enam bulan pertama, makanan pendamping ASI sebaiknya dikenalkan secara perlahan sementara ibu tetap melanjutkan pemberian ASI. Menurut ilmu pengetahuan terbaru, variasi sumber makanan yang berbeda dalam jumlah besar dapat diberikan setelah bayi berusia 6 bulan, termasuk makanan yang dapat menimbulkan alergi seperti telur dan ikan dengan tujuan membentuk toleransi. “Pengenalan makanan yang ditunda di kemudian hari tidak menunda terkena risiko alergi, karenanya hal itu tidak direkomendasikan lagi.” (*/S-3)

CNI Luncurkan Vitamin Kulit ANTARA/ROSA PANGGABEAN

SULIT DIPEROLEH: Petugas memasang label harga obat di Carrefour Lebak Bulus, Jakarta, beberapa waktu lalu. Obat merupakan bagian esensial bagi kehidupan manusia yang harus selalu tersedia dan bisa diperoleh masyarakat saat sakit. Namun, faktor mahalnya harga obat kerap membuat masyarakat kesulitan memperolehnya.

Duh, Mahalnya Harga Obat! Diperkirakan, hanya 1% masyarakat Indonesia yang mampu membayar obat untuk menyembuhkan sakit berat. CORNELIUS EKO SUSANTO

K

ARENA tidak tahan lagi disiksa oleh batuknya, Heru akhirnya menuruti anjuran istrinya untuk berobat ke dokter. Berdua dengan sang istri, pasangan muda tersebut menyambangi salah satu rumah sakit (RS) swasta di bilangan Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu. Dokter spesialis mendiagnosis Heru mengidap infeksi radang tenggorok dan meresepkan obat. Sang dokter mengingatkan obat itu tidak bisa ditebus di apotek lain karena hanya tersedia di apotek RS. Di apotek, Heru yang sejatinya sudah terkantuk-kantuk saat mengantre menjadi terbelalak matanya melihat estimasi biaya obat yang dituliskan oleh kasir pada secarik kertas. ”Total semuanya Rp800 ribu,” ujar petugas kasir dari balik kaca loket. ”Kok, mahal banget?” protes Heru. “Harganya memang segitu,” tandas petugas apotek. “Kan

obatnya paten,” sambung karyawan apotek lain. ” Ti d a k a d a g e n e r i k n y a Mbak?” timpal istri Heru berharap. Dari balik kaca loket petugas hanya menggelengkan kepala. ”Pesan dokter, obat tidak bisa diganti. Dokter juga memberi beberapa jenis vitamin,” lanjut kasir sembari menunjuk tulisan di resep. Lantaran tak punya pilihan lain, dengan terpaksa Heru membayar obat tersebut. ”Duh Gusti, obat kok mahal banget, orang kecil memang tidak boleh sakit!” keluh Heru. Akses obat Heru bukanlah satu-satunya orang yang mengeluhkan mahalnya obat. Banyak orang lain berpengalaman serupa. Itu menjadi ironi, sebab sejatinya obat merupakan bagian esensial bagi kehidupan manusia yang harus selalu tersedia dan bisa dikonsumsi oleh masyarakat yang sakit. Menurut Kepala Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan Universitas Indo-

nesia Hasbullah Thabrany, mahalnya harga obat di Indonesia sudah melampaui batas kemampuan ekonomi masyarakatnya. Kebijakan pemerintah untuk mengedarkan obat generik yang lebih murah daripada obat paten tampaknya tidak banyak membantu. Karena, pada kenyataannya dokter lebih suka meresepkan obat paten. Salah satu biang penyebab mahalnya harga obat adalah terlalu banyaknya perusahaanperusahaan farmasi dalam negeri maupun PMA yang mendirikan perusahaan farmasi di Tanah Air. Akibatnya, perusahaan-perusahaan farmasi tersebut melakukan persaingan-persaingan yang tidak sehat. Cara-cara promosi yang mereka lakukan sudah berlebihan. Mereka berlomba-lomba merayu dokter, rumah sakit, dan apotek agar obat-obat hasil produksinya menjadi acuan utama dalam pemberian obat kepada pasien. ”Di RS harga obat sangat ber-

variasi. Tidak ada standarnya. Sudah jadi rahasia umum, banyak RS yang 50% pemasukannya dari berjualan obat,” ungkap Hasbullah pada awal pekan ini, di Jakarta. Ditambahkan, ada pandangan keliru di masyarakat yang beranggapan hanya orang miskin yang memiliki masalah akses obat. Sekadar ilustrasi, katanya, seorang perempuan penderita kanker payudara atau kanker indung telur harus mengonsumsi obat Docetaxel yang berharga jual sekitar Rp7,3 juta per vial. Pasien harus mengonsumsi dua kali sehari selama dua minggu. Maka, beban yang harus ditanggung minimal adalah 2 x 10 hari x Rp7,3 juta. Hasilnya adalah Rp146 juta. “Berapa banyak rakyat yang sanggup bayar segitu?” tandasnya. Dengan biaya sebesar itu, ditaksir hanya sekitar 1% masyarakat Indonesia yang mampu membayar obat guna proses penyembuhan penyakit berat. Ongkos tersebut umum-

nya baru berupa obat, belum termasuk biaya lain seperti biaya dokter, RS, dan laboratorium. “Lalu apakah pasien kanker lain harus dibiarkan mati saja tanpa diobati?” Problem akses lainnya adalah obat-obat tersebut tidak tersedia di dekat rumah pasien. Obat-obatan dan prosedur medis mahal hanya tersedia di kota besar. Untuk pasien-pasien di daerah, keadaan itu tentu menyulitkan.

Universal coverage Dalam konteks saat ini, hanya sekitar 40% penduduk yang memiliki jaminan pengobatan penyakit mahal (misalnya kanker, operasi jantung, operasi tulang). Untuk mengatasi hal itu, lanjut Hasbullah, tidak ada jalan lain pemerintah harus menyiapkan sistem jaminan kesehatan sosial yang bersifat menyeluruh bagi seluruh rakyat (universal coverage). Cita-cita sistem asuransi kesehatan sosial yang bersifat universal sejatinya sudah diamanatkan oleh UU Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Namun, Hasbullah memperkirakan amanat SJSN tampaknya baru terealisasi 5-10 tahun lagi. Selama masa transisi ini, hendaknya pemerintah dan perusahaan farmasi harus bisa menemukan solusi untuk menekan harga obat. Saat ini, apa boleh buat. Untuk mencari obat yang murah, masyarakat terpaksa mencari obat alternatif tradisional yang belum terbukti khasiatnya secara medis. (S-3)

REGENERASI sel kulit diperlukan agar kondisi kulit tetap sehat dan segar. Sayangnya, pengaruh eksternal seperti radikal bebas, sinar matahari, dan polusi menghambat proses itu. Alhasil, penuaan kulit bisa datang lebih cepat. Asupan vitamin E sebagai antioksidan terbukti bermanfaat untuk mengatasi problem tersebut. Atas dasar itulah, perusahaan distributor produk kesehatan PT Citra Nusa Insan Cemerlang (CNI) meluncurkan suplemen Well 3 Complete E, yakni vitamin untuk kulit yang mengandung zat tocotrienol dengan daya antioksidan 40 kali lebih tinggi daripada vitamin E biasa. ‘’Kita butuh asupan vitamin E setiap hari sebanyak 200-300 IU. Sementara kandungan Well 3 Complete E per licaps mengandung vitamin E 200 IU dan tocotrienol 15 mg,’’ jelas Head of Marketing Division CNI Rico Permana pada peluncuran produk tersebut di Jakarta, baru-baru ini. Rico menambahkan, Well 3 Complete E dikemas dalam bentuk licaps yang melindungi kandungan isi vitamin sehingga lebih stabil, tidak berbau, dan penyerapan ke tubuh lebih cepat. (*/S-3)

Lemak Baik pun Perlu Dibatasi LEMAK tak jenuh sering disebut sebagai lemak baik. Meski demikian, demi kesehatan jantung, konsumsi jenis lemak yang banyak ditemukan pada ikan, kacang-kacangan, dan minyak nabati itu perlu dibatasi. Bila total asupan lemak melebihi 30% dari makanan yang dikonsumsi, timbunan lemak dalam darah akan meningkat. ”Naiknya lemak darah bisa menimbulkan gangguan penyakit jantung dan pembuluh darah,” kata ahli nutrisi Rumah Sakit Premier Bintaro, Tangerang, Banten, dr Diah Prasmapti Y pada seminar bertema Hidup berkualitas dengan jantung sehat, beberapa waktu lalu. Sejauh ini sebagian besar masyarakat menganggap hanya lemak jenuh yang perlu dibatasi. Lemak yang banyak terdapat pada daging dan jeroannya, santan, serta makanan yang digoreng itu bersifat meningkatkan kolesterol jahat. Padahal, konsumsi semua jenis lemak, baik yang jenuh maupun tak jenuh, akan meningkatkan kalori tubuh. Peningkatan kalori karena konsumsi lemak bisa dua kali lipat lebih tinggi daripada jenis makanan lain. ”Setiap 1 gram lemak mengandung 9 kalori, sedangkan 1 gram tepung-tepungan menghasilkan 4 kalori. Konsumsi lemak tidak boleh berlebihan hingga melebihi 30% dari makanan yang kita asup,” jelas Diah.

cornel@mediaindonesia.com

Retinoblastoma Si Perenggut Penglihatan PERHATIKAN manik mata anak Anda, adakah bintik putih di bagian tersebut?Bila iya, sebaiknya periksakan ke dokter mata sebab bisa jadi itu gejala dari penyakit mata berbahaya, retinoblastoma. “Retinoblastoma adalah penyakit tumor ganas (kanker) pada anak yang tumbuh dengan cepat berasal dari sel retina mata,” kata dokter spesialis mata RS Mata Aini, Jakarta, dr Setiowati Suhardjono, SpM, di Jakarta beberapa waktu lalu. Penyakit itu, lanjut Setiowati, tidak hanya dapat mengakibatkan kebutaan, tapi juga kematian. Bila ditangani dengan tepat pada stadium dini, angka penyembuhan kanker ini dapat mencapai 95%-98% dan penderita dapat mencapai usia dewasa. Sayangnya, banyak kasus terlambat didiagnosis, terutama di negara-negara berkembang termasuk Indonesia, sehingga berakhir dengan kebutaan, bahkan kematian. Itu karena gejala retinoblastoma kerap tidak disadari oleh para orangtua. Gejala manik mata putih atau sering diistilahkan sebagai mata kucing menjadi tanda tersering pada kasus stadium awal. Adapun gejala yang jarang dan tidak spesifik yaitu penurunan peng-

lihatan, mata merah, dan mata juling. “Penanganan yang tidak dilakukan pada keadaan awal akan menyebabkan sel tumor ganas ini dengan cepat tumbuh

keluar bola mata dan akan menyebar ke otak serta sumsum tulang,” jelas Setiowati. Retinoblastoma mengenai 1 dari 150 ribu kelahiran hidup. Kebanyakan kasus terdiagno-

ANTARA/ERIC IRENG

PEMERIKSAAN RUTIN: Memeriksakan mata anak ke dokter mata secara rutin penting dilakukan untuk mendeteksi dini berbagai kelainan yang mungkin muncul, termasuk retinoblastoma.

sis sebelum anak berusia lima tahun. Pada 60%-70% kasus, tumor terjadi pada satu mata (unilateral) dan sisanya pada 30% kasus terjadi pada kedua mata (bilateral). Penyebabnya hingga kini belum diketahui secara pasti. Diduga berhubungan dengan kelainan genetik. Ada masalah genetik pada kromosom 13 yang menyebabkan pertumbuhan sel yang seharusnya terkendali menjadi tidak terkendali. Kerusakan pada kromosom 13 ini dapat diwariskan kepada anak dan terjadi pada stadium awal perkembangan janin. “Karena itu, konsultasi genetik diperlukan untuk keluarga dengan riwayat adanya retinoblastoma.” Skrining Diagnosis dini retinoblastoma penting dilakukan untuk mencegah keterlambatan. Upa ya itu hanya dapat dilakukan melalui skrining rutin pada bayi dan anak untuk memeriksa refleks merah pada mata dengan alat oftalmooskop. Adapun pada mata juling dapat diperiksa dengan senter untuk menilai refleks kornea. Selanjutnya diperiksa pula bagian mata yang lain untuk mengetahui ada tidaknya kelainan

struktur mata. “Pemeriksaan sederhana ini dapat dilakukan di puskesmas.” Untuk menegakkan diagnosis, selain dengan konsultasi dan pemeriksaan fisik yang teliti, kerap pula diperlukan pemeriksaan penunjang. Antara lain, pemeriksaan imaging dengan CT scan, MRI atau USG. CT scan dan MRI berfungsi untuk menilai kelainan struktur mata dan adanya perkapuran. USG untuk menilai tebalnya tumor, sedangkan pemeriksaan fungsi sumsum tulang berguna untuk menentukan adanya penyebaran pada tulang atau otak. Adapun untuk pengobatannya, ada variasi prosedur di tiap negara. Variasi pengobatan tergantung tingkat keparahan kasus dan ditentukan dari hasil diskusi dokter spesialis mata dan ahli onkologi anak. Macam pengobatan antara lain kemoterapi, krioterapi, radioterapi, terapi laser, radiasi, dan pengangkatan bola mata. “Pengobatan dapat merupakan kombinasi dari jenis pengobatan yang ada. Bila dijumpai dalam stadium dini, ketika ukuran retinoblastoma masih kecil, pengangkatan bola mata dan radiasi dapat dihindari,” pungkas Setiowati. (*/S-3)

MI/M IRFAN

HANCURKAN LEMAK: Olahraga jenis aerobik seperti senam, lari, dan bersepeda bermanfaat menghancurkan timbunan lemak di tubuh. Selain lemak jenuh dan lemak tak jenuh, ada satu jenis lemak lagi yang juga perlu dibatasi, yakni lemak trans. Contoh lemak jenis trans antara lain margarin dan minyak goreng yang dihasilkan proses industri. Biasanya, pada kemasan makanan lemak trans dicantumkan sebagai lemak hidrogenasi. ”Kalau lemak jenuh ‘hanya’ meningkatkan kolesterol jahat, lemak trans lebih ‘jahat’ lagi karena selain meningkatkan kolesterol jahat juga menurunkan jumlah kolesterol baik,” kata Diah. Lebih lanjut Diah menjelaskan beberapa kiat terkait dengan pola konsumsi sehat dan seimbang untuk jantung sehat. Di antaranya memenuhi asupan serat. Dalam hal itu, WHO telah memberikan standardisasi, yaitu 25-30 gram per hari atau setara asupan buah dan serat sebanyak lima porsi. Selain itu, asupan karbohidrat yang telah mengalami pengolahan lebih lanjut seperti roti gandum putih, donat, biskuit, dan kue kering perlu dikurangi. Olahan karbohidrat dapat meningkatkan gula darah dengan cepat dan meningkatkan risiko obesitas. “Gantilah dengan roti gandum utuh yang lemaknya rendah dan berserat tinggi.” Untuk lauk pauk, Diah menyarankan untuk lebih memilih ayam dan ikan daripada daging merah. Tingginya lemak jenuh pada daging merah berisiko meningkatkan tumpukan plak pada pembuluh darah. Selain dengan mengatur asupan makan, pencegahan penyakit jantung dilakukan dengan olahraga teratur. “Tidak perlu olahraga seperti atlet, apalagi bagi yang sudah tidak muda. Olahraga jenis aerobik seperti bersepeda, renang, dansa, lari, jalan, itu cukup,” ujar spesialis kesehatan olahraga dr Hario Tilarso, pada kesempatan sama. (HZ/S-3)


S OSOK

RABU, 5 OKTOBER 2011

13

NOEY

JEMBATANI IDEALISME DAN INDUSTRI

Biodata Nama: Mochamad Noerwana Lahir: Bandung, 9 Juni 1970 Istri: Erna Sofianti Anak: Jauza Muhamad, 17 tahun, dan Muhammad Kautsar, 14 tahun

Sosoknya berperan banyak di balik kesuksesan band-band fenomenal seperti Peterpan, Nidji, Letto, sampai D’Masiv. Selain soal kerja sama, Noey percaya pada feeling akan musik yang bisa diterima masyarakat.

Profesi: Pemain bas Java Jive, produser musik Diskografi album Java Jive: • Stay Gold : Hilang (2008) • Java Jive 1993-2006 : Cantik tapi Menyakitkan (2006) • The Best of Java Jive : Gadis Malam (2003) • Dia (1999) • Buah Hati (1997) • Gerangan Cinta (1995) • Kau yang Terindah (1993)

ERIEZ M RIZAL ALEXANDER PRIYASMA

B

AGI pemilik nama lengkap Mochamad Noerwana ini, musik bukan hanya perkara industri atau bisnis. Musik, kata Noey--panggilannya-harus dibarengi dengan idealisme tinggi sehingga bisa membuahkan hasil karya yang berkualitas serta memiliki nilai jual. Dalam dunia musik, peran produser sa ngat vital untuk mendapatkan hasil rekaman yang bisa dipertanggungjawabkan, baik secara seni maupun bisnis atau industri. “Sebagai seorang produser, (kita) harus memiliki tanggung jawab serta kerja sama dengan pelaku seni musik. Di samping itu, bisa menjembatani antara artis dan label, atau idealisme bermusik dengan bisnis industri (musik),” ujar lelaki kelahiran Bandung, Jawa Barat, 9 Juni 1970, ini kepada Media Indonesia, pekan lalu. Noey mulai bermusik sejak duduk di bangku SMA Negeri 2 Kota Bandung. Bersama teman sekelasnya kala itu, Edwin Saleh, Noey membenMochamad tuk Java Jive. Hingga 1999, Produser musik Java Jive menelurkan empat album. Tahun berikutnya, Noey memproduksi sebuah album bertajuk Indie Fame, kompilasi musik band-band kafe di kota berjuluk Parijs van Java itu. Mulailah bermunculan band-band asal Kota Kembang, termasuk salah satunya Caffeine. Melihat potensi mereka, Noey mengaku tertarik untuk menjadi produser band tersebut. Ia lalu menjalin kerja sama dengan Indie Records, sebuah label kecil di Jakarta, dan berhasil menjual 450 ribu keping kaset dan CD. Band laris, produser pun ikut dilirik. Seiring keberhasilannya memproduksi grup yang baru muncul tersebut, produser rekaman Musica Studio’s mengajak Noey bekerja sama. “Saya tidak menyia-nyiakan ajakan tersebut,” tutur dia. Proyek pertamanya ialah album kompilasi berjudul Kisah 2002 Malam. Lagu bertajuk Mimpi yang Sempurna yang melibatkan Peterpan mendapatkan respons positif dari penggemar musik Indonesia. Tidak lama berselang, Peterpan pun melejit. Band asal Bandung itu membuat album sendiri dan hasilnya lebih memuaskan daripada sebelumnya. Penjualan album kedua Peterpan, di an-

Album rekaman sebagai produser musik di antaranya: • Geisha, dua album (2010, 2011) • Vierra, dua album (2009, 2011) • D’Masiv, dua album (2008, 2010) • Nidji, tiga album (2006, 2008, 2010) • Letto, tiga album (2005, 2007, 2008) • Peterpan, lima album (2003, 2004, 2005, 2007, 2008) • Kisah 2002 Malam, Mimpi yang Sempurna (2002) • Caffeine, empat album (2000, 2001, 2002, 2003) • Indie Fame, kompilasi (2000)

taranya lagu berjudul Bintang di Surga yang diproduseri Noey mencapai hasil yang fenomenal dalam sejarah penjualan di industri musik Indonesia, yaitu menjual habis lebih dari 3 juta kaset dan CD. Noey juga dipercaya untuk memproduseri album grup Letto dan Nidji. Lalu pada 2007 dalam ajang A Mild Live Wanted, ia turut andil dalam menemukan bakat D’Masiv sebagai pencetak hit nada sambung pada ponsel dengan total lebih dari 4 juta download. Bahasa lagu Dua tahun kemudian, Noey juga memproduseri kelompok musik Vierra dan Geisha. Menurut dia, band-band berbakat yang bekerja sama dengan dirinya bisa dibilang seluruhnya memiliki karakter bermusik tersendiri atau beda dari band lainnya. “Contoh, mereka (band yang ditangani nya) bisa menciptakan komunikasi bahasa lagu, baik di notasi, lirik, aransemen kepada pendengar musik Indonesia. Itu bedanya dengan band lain sehingga wajar jika banyak masyarakat yang menyukainya,” jelas Noey. Untuk itu, sambungnya, Noerwana seorang produser musik harus memiliki rasa tanggung jawab dan kerja sama yang sinergis dengan artis. “Itulah yang selama ini menjadi kiat saya,” tuturnya. Noey juga mengaku selalu menemukan hal yang menarik dari setiap proses pembuatan album rekaman. Seperti proses pembuatan album fenomenal Peterpan, Bintang di Surga, selama 1,5 bulan. Saat album masih berada dalam proses untuk masuk ke studio, Peterpan baru memiliki empat lagu. “Siang tracking rekaman, malam mencari lagu dan workshop untuk aransemen,” kenangnya. Album tersebut akhirnya selesai sesuai tenggat yang sudah dipersiapkan label, lalu meledak di pasaran. Meledak atau tidaknya sebuah lagu atau band di pasaran, menurut Noey, tidak bisa diprediksi. “Tapi biasanya saya punya feeling kalau band tersebut potensial atau lagunya bisa diterima masyarakat. Biasanya band tersebut punya karakter unik dengan lagu yang notasinya enak buat dinyanyikan semua orang dan lirik yang komunikatif,” jelas dia. (M-3)

Tapi biasanya saya punya feeling kalau band tersebut potensial atau lagunya bisa diterima masyarakat.”

Penghargaan di antaranya: • Produser karya produksi terbaik untuk lagu Jangan Menyerah (D’Masiv), AMI Award 2010 • Editor’s Choice Award Majalah Rolling Stone Indonesia, 2007 • Produser karya produksi terbaik untuk lagu Ada Apa Denganmu (Peterpan), AMI Award 2005 • Produser pop alternatif terbaik untuk album Bintang di Surga (Peterpan), AMI Award 2005 • Pendatang baru terbaik BASF Award 1994, bersama Java Jive

eriez@mediaindonesia.com priyasma@mediaindonesia.com

MI/ ERIEZ

Karel Albert Ralahalu

Kaka Slank

Ferry Salim

Ubah Paradigma lewat Jazz

Terpukau Raja Ampat

Berperan sebagai Profesor

PERHELATAN Ambon Jazz Plus Festival (AJPF) yang dijadwalkan berlangsung di Ambon, 7-9 Oktober mendatang, bukan sekadar ajang musik biasa. “Perhelatan AJPF kali ini, yang merupakan penyelenggaraan tahun ketiga, harus sukses karena berdampak strategis mengubah paradigma dunia internasional tentang Maluku, terutama Kota Ambon. Makanya, masyarakat perlu berperan serta memelihara stabilitas keamanan agar semakin kondusif,” kata Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu di Ambon, Senin (3/10). Untuk mengubah pencitraan daerah pimpinannya itu, Karel mengajak warga agar dapat menyukseskan AJPF dengan menjaga keamanan setempat. Karel juga mengaku optimistis AJPF 2011 akan berdampak besar dalam mengubah paradigma masyarakat Indonesia dan dunia internasional bahwa Ambon adalah daerah yang aman untuk dikunjungi dan tidak lagi menjadi wilayah konflik. Apalagi AJPF ini menurut jadwal akan dimeriahkan penyanyi dan musisi baik dari dalam maupun luar negeri. “Para penyanyi dan musisi, terutama dari luar negeri, setelah menunjukkan keterampilan mereka akan menyempatkan diri menyaksikan kondisi Kota Ambon pascakonflik antarwarga pada 11 September 2011 yang kini semakin kondusif,” ujar dia. (Ant/M-3)

SEBAGAI pecinta keindahan alam laut dan pa sir putih, vokalis Slank, Kaka, mengaku terpukau dengan keindahan alam Raja Ampat, Papua. Begitu ada kesempatan, lelaki kelahiran Jakarta, 10 Maret 1974, itu pun menghabiskan waktu luangnya dengan berselancar dan berjemur di laut. “Saya senang sekali dengan keindahan alam Raja Ampat. Saya sudah dua kali ke Papua. Namun, ini pertama kali ke Raja Ampat,” ujar Kaka di Jayapura, Papua, Minggu (2/10). Sebagai musikus, MI/ROMMY PUJIANTO Kaka mengaku alam bebas telah menjadi salah satu inspirasi baginya. Untuk itu, ia berencana mengabadikan Raja Ampat dalam sebuah lagu. “Tempat ini bisa diibaratkan kiblatnya pantai dunia. Wah, saya merasa senang dan lebih santai menghabiskan waktu di sini,” tuturnya seraya tersenyum kecil. Kaka mengakui keindahan Raja Ampat harus terus dipromosikan, tak hanya di dalam negeri, tapi juga ke seantero dunia. “Alam kita masih alamiah. Laut kita masih bersih. Saya melihatnya di sini,” pungkas penggemar Bob Marley itu. (Iwa/M-3)

JUMLAH film Indonesia memang terbilang banyak. Namun, menurut aktor Ferry Salim, belum banyak film yang menyentuh dunia pendidikan anak di Indonesia. “Saya menilai Mestakung adalah film yang penuh dengan pesan pendidikan. Seperti diketahui, banyak anak-anak di negeri ini tidak mendapatkan pendidikan yang layak,” ujar aktor kelahiran 44 tahun silam itu, di sela sebuah acara di Denpasar, Bali, kemarin. Ferry memang terlibat dalam film yang segera dirilis Mizan Production dan Falcon Pictures tersebut. Judul sebenarnya ialah Semesta Mendukung, yang disingkat menjadi Mestakung. “Film ini bercerita tentang kisah seorang anak asal Madura yang berhasil menjuarai olimpiade fisika dunia,” jelas Ferry lagi. Di film tersebut, Ferry berperan sebagai profesor yang menangani duta dari berbagai provinsi yang akan dikirim ke ajang olimpiade fisika internasional. Film ini diambil dari buku dengan judul yang sama, yang ditulis oleh Prof Yohanes Surya, ketua tim olimpiade fisika Indonesia. Film yang terinspirasi kisah nyata tim olimpiade sains Indonesia ini akan tayang di bioskop mulai 20 Oktober. (Ant/M-3)

ANTARA/DOKUMENTASI

MI/PANCA SYURKANI


14

O PINI

RABU, 5 OKTOBER 2011

TNI dan Pembangunan Pertahanan Negara

T

IAP 5 Oktober, dada para prajurit TNI selalu bergetar. Kehormatan, kebanggaan, dan tanggung jawab sebagai perisai bayangkari negara memuncak dalam hati setiap prajurit. Tanggung jawab sangat mendalam (deep sense of responsibility) atas keutuhan kedaulatan negara, selain merupakan nilai dasar etika profesionalisme prajurit, telah terbangun melalui rangkaian panjang pengabdian TNI sejak berdirinya Republik Indonesia. Dengan belajar dari pengalaman umat manusia dan memperhatikan realitas sejagat, Indonesia sebagai bangsa dan negara merdeka jelas membutuhkan kesiapan angkatan perang yang kuat. Karena itu, reformasi dan reevaluasi kiprah peran TNI hendaknya tidak diartikan sebagai degradasi kemampuan TNI sehingga mereka mengalami impotensi dalam menjalankan fungsi sebagai alat pertahanan negara. Bahkan, sebaiknya TNI seyogianya diperkuat, dengan membenahi dan menghilangkan anasir-anasir negatif yang kurang berkenan di hati rakyat, yang tanpa sadar telah melemahkan kemampuan TNI sebagai alat pertahanan negara. Itu sangatlah penting. Seperti diingatkan Sun Tzu, seorang ahli strategi China yang hidup pada abad ke-5 sebelum masehi, dalam bukunya The Art of War: ‘War is matter of vital importance to the State the province of life or death; the road to survival or ruin. it is mandatory that it be thoroughly studied’ (Perang adalah hal yang

penting bagi negara, berlingkup kehidupan atau kematian, jalan untuk tetap hidup (survive) atau runtuh. Adalah suatu keharusan untuk mempelajarinya dengan saksama). Sejak awal, Indonesia menganut doktrin ‘pertahanan rakyat semesta’. Karena itu, dalam rangka pembangunan potensi pertahanan, aspek yang perlu diperhatikan ialah pemulihan kekohesifan TNI dengan rakyat. Namun selain itu, yang tak kalah penting ialah kesiapan TNI menyelaraskan kemampuan mereka dengan perkembangan global yang berlangsung saat ini dan kecenderungan di masa mendatang. Memang dari tampilan fisik, kita selalu menyaksikan postur angkatan perang Indonesia yang terkesan ‘sangat perkasa’ dalam menghadapi perang konvensional. Namun, mereka agaknya masih akan kedodoran menghadapi perang masa depan yang karakteristiknya sangat berbeda. Yakni, perang informasi dalam medan tempur tak mengenal tapal batas. Banyak fakta yang dapat menjelaskan ketidakberdayaan TNI bukanlah di medan perang konvensional, melainkan dalam menghadapi gempuran di medan abstrak melalui pemberitaan media massa. Misalnya, pembentukan opini, baik di dalam negeri maupun di arena internasional. Ironisnya, terlihat betapa TNI tidak siap menangkal gempuran opini yang diluncurkan dengan gencarnya sehingga satu-satunya jalan ialah bertahan atau mundur

Joko Riyanto Koordinator Riset Pusat Kajian dan Penelitian Kebangsaan (Puskalitba) Solo teratur. Semua itu menjelaskan bahwa TNI lengah dalam membaca dan menerjemahkan tanda-tanda zaman, sebab gejala global yang kian mengukuhkan arti pentingnya faktor informasi bagi kehidupan di era globalisasi sudah sering diulas secara futuristis sejak satu dekade silam. Pengalaman empiris senantiasa mengajarkan bahwa bangsa yang unggul dalam peperangan adalah bangsa yang mampu mendesain sistem pertahanan yang selaras dengan perkembangan teknologi, b a h k a n m a m p u memprediksi perkembangan ke depan dan menerjemahkannya ke dalam format sistem pertahanan bangsa atau negara. Kesuksesan Sirakusa menangkal serangan Romawi, misalnya, tidak terlepas dari keberhasilan Archimedes menciptakan senjata b a r u yang tidak dimiliki tentara Romawi. Begitu pula keber-

hasilan Leonardo da Vinci dan Galileo menciptakan jembatan, alat penyemprot api, dan meriam telah mendorong perubahan sistem penyebaran pasukan di medan perang. Senada, racikan kimia temuan Lavoiser yang menghasilkan mesiu telah memunculkan teknologi senjata api yang kemudian mengakhiri keunggulan prajurit berbaju baja. Demikian pula penemuan tank dan pesawat terbang telah mengubah sistem pertahanan linier statis menjadi

sistem pertahanan dinamis. Berbagai pengalaman tersebut hendaknya menyadarkan semua pihak bahwa dalam konteks pembangunan angkatan perang, kita seharusnya tidak terpaku pada kesuksesan masa silam. Kita harus jeli dalam melihat kecenderungankecenderungan di masa mendatang. Sebab keunggulan masa silam akan cepat kehilangan relevansinya seiring dengan derasnya arus perubahan yang melanda dunia. Lantas, apa yang mesti dikerjakan Indonesia di masa mendatang? Dengan melihat pengalaman selama ini, ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dalam konteks pembangunan angkatan perang Indonesia ke depan. Pertama, dengan implikasi menguatnya peran informasi, TNI seyogianya dapat mengembangkan sistem senjata informasi yang merupakan kombinasi antara sistem senjata sosial dan sistem senjata teknologi. Ini penting baik untuk menangkal gempuran informasi

yang me rugikan Indonesia maupun untuk memperkuat sistem ketahanan nasional nes gara ini. Dalam konteks terseg but, yang patut dicermati, sejauh pengamatan kemampuan TNI menangkal serbuan informasi melalui internet tampak masih lemah. Di sisi lain, teknologi informasi kian berkembang cepat yang tentu mengharuskan adanya kesiapan strategi penangkalan yang efektif dalam waktu singkat. Kedua, mengingat spektrum dan metode peperangan di masa mendatang semakin luas dan kompleks, meliputi seluruh aspek kehidupan manusia, sedangkan peranan elemen perwira sangat menentukan keunggulan dalam peperangan, perlu redefinisi terhadap pengetahuan tentang ‘perang ideal’ yang tidak hanya didasarkan pada kemahiran bertempur, tetapi juga mencakup kemahiran di berbagai aspek lainnya. Ketiga, berhubung Indonesia menganut sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta, dalam realitas akhir-akhir ini, justru ‘hati dan pikiran rakyat’ tampak menjadi target strategis gempuran lawan, yakni melalui pembentukan opini dan penyebaran informasi untuk mematikan semangat dan kemauan rakyat atau dengan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Sejauh pengamatan, sistem pertahanan dan keamanan Indonesia tampaknya agak sulit mengatasi hal tersebut.

Maka, perlu segera dilakukan reevaluasi terhadap fungsi dan peran komponen teritorial angkatan perang Indonesia, terutama pada elemen-elemen yang langsung berhubungan dengan rakyat seperti Kodim dan Koramil. Kodim sangat ideal jika lebih difungsikan sebagai pusat pembinaan potensi perlawanan rakyat. Yakni, lebih ditekankan pada fungsi penerangan dan penyadaran rakyat. Sebab itu, penempatan personel di tingkat Kodim hendaknya lebih ditekankan pada aspek kemampuan berkomunikasi dengan masyarakat secara persuasif, sedangkan peran-peran yang lain, seperti ikut terlibat dalam penyelesaian konflik sosial yang acap kali justru membuat TNI tergelincir pada perilaku yang kurang berkenan di hati rakyat--misalnya cenderung membela pengusaha dalam konflik perburuhan—dan aktif dalam pembebasan tanah, seyogianya harus dihindari. Analog dengan redefinisi dan reposisi peran Kodim, fungsi Komando Rayon Militer (Koramil) hendaknya ditata ulang, yakni lebih mengedepankan fungsi mereka yang lebih merakyat, dengan mengurangi tampilan wajah militer mereka. Oleh karena itu, sangat ideal bila Koramil dikembalikan menjadi ‘Puterpra’ (Perwira Urusan Teritorial dan Perlawanan Rakyat), seperti pernah dianut TNI di masa silam, karena pola tersebut tampak relatif efektif mendekatkan TNI dengan rakyat. Dirgahayu TNI.

Reformasi TNI, Beberapa Utang yang belum Terbayar

P

EMBUKAAN UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia (UUD 1945) mengamanahkan kepada segenap komponen bangsa Indonesia untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. Sebagai implikasinya, negara membutuhkan institusi pertahanan yang profesional dan dapat mewujudkan cita-cita bangsa seperti yang termaktub dalam pembukaan UUD 1945. Reformasi yang terjadi pada akhir 1990-an menjadi salah satu titik penting bagi lahirnya pemikiran-pemikiran tentang pentingnya reformasi TNI (Tentara Nasional Indonesia) agar kembali ke identitas mereka sebagai tentara profesional. Keran demokrasi yang terbuka lebar pascareformasi 1998 juga menuntut TNI agar merevitalisasi institusi sehingga dapat menjalankan fungsi mereka dengan baik dalam mengemban amanah UUD 1945. Hingga saat ini masih ada beberapa persoalan yang harus diselesaikan TNI dan DPR RI. Itu juga menjadi utang yang belum terbayarkan. Peradilan militer Hingga saat ini, peradilan militer merupakan salah satu persoalan yang belum selesai. Pasal 65, ayat 2, UU No 34 Tahun 2004 menjelaskan bahwa prajurit tunduk pada kekuasaan peradilan militer dalam hal pelanggaran hukum pidana

PARTISIPASI OPINI

militer dan tunduk pada kekuasaan peradilan umum dalam hal pelanggaran hukum pidana umum yang diatur dengan undang-undang. Selanjutnya, ayat 3 dari pasal tersebut menyatakan, apabila kekuasaan yang dimaksud dalam Pasal 2 tidak berfungsi, prajurit tunduk di bawah kekuasaan yang diatur dalam undang-undang. Secara sederhana, pasal tersebut dapat diartikan, apabila ada seorang prajurit yang melakukan tindak pidana sipil dan bukan dalam kapasitasnya sebagai anggota TNI, yang bersangkutan harus diadili di peradilan sipil, bukan militer. Meski demikian, dalam praktiknya, para prajurit militer yang melakukan tindak pidana sipil sebagian besar menjalani peradilan militer, bukan peradilan sipil. Permasalahan itu tentunya sangat bertentangan dengan prinsip keadilan umum. Bisnis TNI dan segala aspeknya Bisnis TNI menjadi perhatian dalam reformasi TNI karena berbagai pelanggaran HAM hasil dari kegiatan bisnis TNI tersebut. Selain itu, aktivitas bisnis yang dilakukan TNI telah mengancam profesionalisme mereka sebagai alat pertahanan negara. Dalam UU No 34 Tahun 2004, Pasal 39 dan 76 tentang larangan anggota TNI berbisnis dan proses penataan, penertiban, dan pengambilalihan bisnis telah mengamanatkan penataan bisnis TNI.

Mayjen (Purn) Tubagus Hasanuddin Wakil Ketua Komisi I DPR RI Pemerintah pun menyatakan aktivitas bisnis TNI saat ini telah berjalan dengan cepat, sebab dalam waktu dua tahun Kementerian Pertahanan dapat menghentikan aktivitas bisnis yang dibangun selama puluhan tahun. Salah satu kemajuan, yaitu koperasi, tidak lagi menjadi bagian dalam struktur organisasi TNI. Salah satu permasalahan yang masih mengemuka ialah keterlibatan atau aktivitas beberapa oknum petinggi TNI dalam kegiatan bisnis. Sebagai contoh, kasus yang paling teraktual adalah keterlibatan seorang petinggi TNI aktif sebagai komisaris sebuah perusahaan yang diduga terlibat dalam praktik penggelapan dana nasabah perbankan beberapa bulan lalu. Tentu saja keterlibatan pejabat tinggi tersebut tidak dapat diartikan secara langsung sebagai pelanggaran terhadap asas profesionalisme TNI. Sebab, setiap warga negara Indonesia memiliki hak dasar ekonomi yang dijamin konstitusi. Akan tetapi, perlu dicatat bahwa tidak adanya mekanisme kontrol yang kuat terhadap para petinggi TNI aktif yang mengisi pos di beberapa perusahaan berpotensi menimbulkan adanya penyalahgunaan wewenang mereka. TNI yang tidak berpolitik Politik militer dapat didefinisi-

kan sebagai keterlibatan militer secara disengaja dan substansial dalam proses pembuatan dan pengalokasian kekuasaan serta nilai-nilai politik, sosial, dan ekonomi. Ada beberapa faktor mengapa militer terlibat secara aktif dalam politik. Ada dua parameter militer berpolitik yang sederhana sebagai instrumen pengukur, sejauh mana TNI da-

Untuk menjadi tentara yang profesional, TNI harus segera menyelesaikan segala persoalan yang menghambat profesionalitas mereka.” pat dikatakan berpolitik praktis atau tidak. Parameter pertama mengacu pada luas/sempitnya wilayah tempat militer berpartisipasi dalam pembuatan kebijakan--apakah itu sempit (misalnya, sebatas kepentingan organisasional militer) atau luas (misalnya, terlibat secara aktif dalam pemilihan umum dan upaya-upaya dalam menyejahterakan rakyat). Sesuai dengan parameter itu, apabila TNI sudah terlibat secara lebih luas, misalnya dalam penggalangan massa kampanye, sudah jelas bahwa TNI terlibat politik praktis dan hal itu me-

langgar peraturan perundangundangan. Parameter kedua, cakupan wewenang legal untuk membuat dan menentukan kebijakan. Artinya, semakin besar wewenang militer dalam pembuatan kebijakan di berbagai bidang nonmiliter, semakin besar pula kekuatan politik mereka. Dalam konteks itu, apabila TNI memiliki wewenang untuk melaksanakan kebijakan di luar tugas pokok mereka, TNI telah mengingkari asas tentara profesional yang diamanahkan UU No 34 Tahun 2004. Saat ini, perdebatan mengenai perlukah TNI memiliki hak pilih kembali sempat mengemuka. Yang patut dicermati bahwa permasalahan sesungguhnya bukanlah pada hak pilih TNI itu, melainkan pada efek samping dari keberadaan hak pilih TNI. Sejarah mencatat, pelibatan TNI dalam ranah politik praktis dapat menimbulkan risiko yang tinggi, baik itu bagi TNI secara institusional maupun bagi masyarakat secara sosial politik. Artinya, permasalahan tidak terletak pada kuantitas TNI (yang berjumlah kurang lebih 400 ribu dan jika dikalkulasikan hanya mengisi 2 kursi di parlemen), tetapi lebih pada hak kontrol atas kekerasan sah yang dimiliki TNI sebagai aparat negara. Untuk itulah diperlukan sebuah cost-benefit calculation

atas hak pilih TNI. Dari sisi positif, hak pilih TNI menjamin hak-hak dasar setiap warga h negara Indonesia, termasuk n personel TNI. Dari sisi negatif, ada banyak permasalahan yang bisa ditimbulkan dari politik praktis TNI. Pertama, tren partisipasi politik, khususnya pemilu dan pemilu kada, di Indonesia masih sarat aksi kekerasan. Jika memang TNI akan dilibatkan dalam politik praktis, seandainya terjadi konflik pemilu, TNI tidak menjadi stabilisator, tapi aktor. Kedua, politik praktis TNI berpotensi menghasilkan perpecah an antara prajurit, kesatuan, dan korps, yang disebabkan adanya tarik-menarik pengaruh politik dalam pemilu. Kesejahteraan prajurit TNI Konsekuensi yang kemudian muncul dari larangan TNI tidak lagi dapat berbisnis dan berpolitik adalah kesejahteraan. Sebagai aparatur negara, sudah seyogianya TNI mendapatkan hak kesejahteraan yang memadai sesuai dengan kewajiban-kewajiban yang mereka penuhi. Setiap prajurit TNI aktif, yang keseluruhan berjumlah 302 ribu personel (data 2010), beserta anggota keluarganya berhak mendapatkan penghidupan yang layak dan dijamin negara. Jika melihat proyeksi pertumbuhan anggaran pertahanan hingga 2024, kita akan mengetahui ada pertumbuhan yang cukup signifikan dalam

pemenuhan kebutuhan TNI. Pertumbuhan itu pun disesuaikan dengan persentase PDB sehingga porsinya sesuai pula dengan kondisi perekonomian. Akan tetapi, realisasinya pada tahun anggaran 2010 dan 2011 hanya berkisar 0,87%-0,88% dari PDB. Dengan demikian, pemenuhan kesejahteraan prajurit TNI bisa dikatakan masih belum optimal. Selain itu, ternyata masih banyak keluhan di lapangan mengenai kesejahteraan prajurit. Misalnya, prajurit TNI di perbatasan masih sering mengeluhkan keterlambatan pembayaran insentif, ditambah lagi dengan buruknya sarana dan prasarana di perbatasan. Catatan penutup Pada dasarnya TNI harus benar-benar menjadi tentara yang profesional. Dengan demikian, untuk menjadi tentara yang profesional, TNI harus segera menyelesaikan segala persoalan yang menghambat profesionalitas mereka. Tidak berpolitik dan berbisnis merupakan dua hal penting dalam membentuk karakter TNI yang profesional. Hal lainnya ialah sesegera mungkin menyelesaikan kebuntuan soal peradilan militer dan sekali lagi TNI harus kembali melihat amanah UU No 34 Tahun 2004. Selain itu, TNI sejak saat ini harus lebih memperhatikan kesejahteraan para prajurit, khususnya para prajurit penjaga kedaulatan di garis terdepan.

Kirimkan ke email: opini@mediaindonesia.com atau opinimi@yahoo.com atau fax: (021) 5812105, (Maksimal 7.100 karakter tanpa spasi. Sertakan nama. alamat lengkap, nomor telepon dan foto kopi KTP).

Pendiri: Drs. H. Teuku Yousli Syah MSi (Alm) Direktur Utama: Rahni Lowhur-Schad Direktur Pemberitaan: Saur M. Hutabarat Direktur Pengembangan Bisnis: Alexander Stefanus Dewan Redaksi Media Group: Elman Saragih (Ketua), Ana Widjaya, Andy F.Noya, Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Djafar H. Assegaff, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Saur M. Hutabarat, Sugeng Suparwoto, Suryopratomo, Toeti Adhitama Redaktur Senior: Elman Saragih, Laurens Tato, Saur M. Hutabarat Deputi Direktur Pemberitaan: Usman Kansong Kepala Divisi Pemberitaan: Kleden Suban Kepala Divisi Content Enrichment: Gaudensius Suhardi Deputi Kepala Divisi Pemberitaan: Abdul Kohar Sekretaris Redaksi: Teguh Nirwahyudi Asisten Kepala Divisi Pemberitaan: Ade Alawi, Fitriana Siregar, Haryo Prasetyo, Ono Sarwono, Rosmery C.Sihombing Asisten Kepala Divisi Foto: Hariyanto

Redaktur: Agus Mulyawan, Anton Kustedja, Cri Qanon Ria Dewi, Eko Rahmawanto, Eko Suprihatno, Hapsoro Poetro, Henri Salomo Siagian, Ida Farida, Jaka Budisantosa, Mathias S. Brahmana, Mochamad Anwar Surahman, Sadyo Kristiarto, Santhy M. Sibarani, Soelistijono Staf Redaksi: Adam Dwi Putra, Agung Wibowo, Ahmad Maulana, Ahmad Punto, Akhmad Mustain, Amalia Susanti, Andreas Timothy, Aries Wijaksena, Aryo Bhawono, Asep Toha, Basuki Eka Purnama, Bintang Krisanti, Christina Natalia S, Cornelius Eko, David Tobing, Denny Parsaulian Sinaga, Deri Dahuri, Dian Palupi, Dinny Mutiah, Dwi Tupani Gunarwati, Edwin Tirani, Edy Asrina Putra, Emir Chairullah, Eni Kartinah, Eri Anugerah, Fardiansah Noor, Fidel Ali Permana, Gino F. Hadi, Heru Prihmantoro, Heryadi, Ignatius Santirta, Iis Zatnika, Irana Shalindra, Irvan Sihombing, Iwan Kurniawan, Jajang Sumantri, Jerome Eugene W, Jonggi Pangihutan M., K. Wisnubroto, M. Soleh, Mirza Andreas, Mohamad Irfan, Muhamad Fauzi, Nurulia Juwita, Panca Syurkani, Raja Suhud V.H.M, Ramdani, Ratna Nuraini, Rommy Pujianto, Selamat Saragih, Sidik Pramono, Siswantini Suryandari, Sitriah Hamid, Sugeng Sumariyadi, Sulaiman Basri, Sumaryanto, Susanto, Syarief Oebaidillah, Thalatie Yani, Tutus Subronto, Usman Iskandar, Wendy Mehari, Windy Dyah Indriantari, Zubaedah Hanum Biro Redaksi: Dede Susianti (Bogor) Eriez M. Rizal (Bandung); Kisar Rajagukguk (Depok); Firman Saragih (Karawang); Yusuf

Riaman (NTB); Baharman (Palembang); Parulian Manulang (Padang); Haryanto (Semarang); Widjajadi (Solo); Faishol Taselan (Surabaya) MICOM Asisten Kepala Divisi: Tjahyo Utomo, Victor J.P. Nababan Redaktur: Agus Triwibowo, Asnawi Khaddaf, Patna Budi Utami, Widhoroso Staf Redaksi: Heni Rahayu, Hillarius U. Gani, Nurtjahyadi, Prita Daneswari, Retno Hemawati, Rina Garmina, Rita Ayuningtyas, Yulia Permata Sari, Wisnu Arto Subari Staf: Abadi Surono, Abdul Salam, Budi Haryanto, Charles Silaban, M. Syaifullah, Panji Arimurti, Rani Nuraini, Ricky Julian, Vicky Gustiawan, Widjokongko DIVISI TABLOID, MAJALAH, DAN BUKU (PUBLISHING) Asisten Kepala Divisi: Gantyo Koespradono, Jessica Huwae Redaktur: Agus Wahyu Kristianto, Lintang Rowe, Regina Panontongan Staf Redaksi: Adeste Adipriyanti, Arya Wardhana, Handi Andrian, Nia Novelia, Rahma Wulandari CONTENT ENRICHMENT Asisten Kepala Divisi: Yohanes S. Widada Periset: Heru Prasetyo (Redaktur), Desi Yasmini S

Bahasa: Dony Tjiptonugroho (Redaktur), Aam Firdaus, Adang Iskandar, Mahmudi, Ni Nyoman Dwi Astarini, Riko Alfonso, Suprianto ARTISTIK Redaktur: Annette Natalia, Donatus Ola Pereda, Gatot Purnomo, Marjuki, Prayogi, Ruddy Pata Areadi Staf Redaksi: Ali Firdaus, Ananto Prabowo, Andi Nursandi, Aria Mada, Bayu Wicaksono, Budi Setyo Widodo, Dharma Soleh, Endang Mawardi, Fredy Wijaya, Gugun Permana, Hari Syahriar, Haris Imron Armani, Haryadi, Lisa Saputra, Marionsandez G, M. Rusli, Muhamad Nasir, Muhamad Yunus, Nana Sutisna, Novi Hernando, Nurkania Ismono, Permana, Putra Adji, Tutik Sunarsih, Warta Santosi Olah Foto: Saut Budiman Marpaung, Sutarman. PENGEMBANGAN BISNIS Kepala Divisi Marketing Communication: Fitriana Saiful Bachri Kepala Divisi Marketing Support & Publishing: Andreas Sujiyono Asisten Kepala Divisi Iklan: Gustaf Bernhard R Perwakilan Bandung: Arief Ibnu (022) 4210500; Medan: Joseph (061) 4514945; Surabaya: Tri Febrianto (031) 5667359; Semarang: Desijhon (024) 7461524; Yogyakarta: Andi Yudhanto (0274) 523167; Palembang: Andi Hendriansyah, Ferry Mussanto (0711) 317526, Pekanbaru: Bambang Irianto 081351738384.

Telepon/Fax Layanan Pembaca: (021) 5821303, Telepon/ Fax Iklan: (021) 5812107, 5812113, Telepon Sirkulasi: (021) 5812095, Telepon Distribusi: (021) 5812077, Telepon Percetakan: (021) 5812086, Harga Langganan: Rp67.000 per bulan (Jabodetabek), di luar P. Jawa + ongkos kirim, No. Rekening Bank: a.n. PT Citra Media Nusa Purnama Bank Mandiri - Cab. Taman Kebon Jeruk: 117-009-500-9098; BCA - Cab. Sudirman: 035-306-5014, Diterbitkan oleh: PT Citra Media Nusa Purnama, Jakarta, Alamat Redaksi/Tata Usaha/Iklan/Sirkulasi: Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat - 11520, Telepon: (021) 5812088 (Hunting), Fax: (021) 5812102, 5812105 (Redaksi) e-mail: redaksi@mediaindonesia.com, Percetakan: Media Indonesia, Jakarta, ISSN: 0215-4935, Website: www.mediaindonesia.com, DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK, WARTAWAN MEDIA INDONESIA DILENGKAPI KARTU PERS DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA ATAU MEMINTA IMBALAN DENGAN ALASAN APA PUN


B EDAH EDITORIAL

RABU, 5 OKTOBER 2011

EDITORIAL

15

Editorial @

4 Oktober 2011

Bubarkan DPR!

Posko Laode

D

UGAAN adanya mafia anggaran di Badan Anggaran DPR mengusik banyak kalangan. Ada yang melakukan cara konvensional untuk mengecam perilaku anggota banggar, yakni turun ke jalan. Ada pula yang mengembangkan gagasan mendesak agar badan yang berkuasa menentukan anggaran negara itu dibubarkan saja. Namun, lain lagi cara Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Laode Ida. Bersama fungsionaris Partai Golkar Zainal Bintang, pekan lalu keduanya mendirikan Posko Pengaduan Praktik Mafia Anggaran DPR. Hasilnya mencengangkan. Dalam dua hari saja, puluhan peng aduan masuk ke posko itu, di antaranya menyebutkan keterlibatan 10 anggota DPR dalam persekongkolan pembahasan APBN. Dari pengaduan tersebut terpetakanlah secara jelas keterlibatan pimpinan komisi DPR, banggar, pejabat kementerian, pejabat daerah, calo, dan

pengusaha yang berkomplot mengeruk uang negara. Publik juga semakin yakin bahwa laporan yang ada di posko Laode itu mencerminkan hal yang senyatanya terjadi. Jika selama ini KPK mengaku sulit mendapatkan bukti adanya calo anggaran, sekarang sesungguhnya calo-calo itu tidak lagi bersembunyi atau mengenakan topeng. Kini para pemain anggaran itu sudah membuka kedok menantang KPK. Yang jelas posko itu dipercaya sebagai tempat publik mengadu. Karena itu, kita sungguh mengapresiasi karya Laode Ida dan Zainal Bintang tersebut. Inilah kerja yang mencerdaskan masyarakat. Sebaliknya, kita gelisah dengan pernyataan Ketua DPR Marzuki Alie yang menilai Laode kurang kerjaan. Dia juga meminta KPK menunda pemeriksaan pimpinan banggar menunggu sampai selesai pembahasan RAPBN 2012.

Sejumlah pertanyaan kritis pun muncul. Apakah negeri ini akan bubar jika empat pemimpin banggar diperiksa KPK? Apakah pemeriksaan itu perlu waktu berbulan-bulan sehingga pimpinan banggar harus menginap di KPK berbulan-bulan pula sehingga menelantarkan rapat pembahasan RAPBN 2012? Apakah nasib RAPBN 2012 hanya berada di tangan empat pemimpin banggar? Marzuki memang suka nyeleneh. Dia mengatakan tidak kaget dengan hasil survei yang menyimpulkan citra politisi menurun hingga menjadi 23,4%. Sebagai Ketua DPR, Marzuki lupa menyebutkan apa yang dilakukan pimpinan DPR untuk mendongkrak citra politisi. Soal tingkat kehadiran anggota DPR di rapat saja tidak beres hingga sekarang. Kini publik semakin jelas membedakan mana emas mana loyang. Mereka yang dimuliakan ternyata menistakan diri menjadi paria.

BUBARKAN saja DPR! daripada menjadi sarang para mafia. Anto PaNgabean

Di-delete Saja BADANNYA gak usah, orangnya saja di-delete! Sonny Yudhawan

Indonesia makin Aneh KASUS banggar, kenapa yang turun protes ke jalan cewek-cewek seksi? Apakah ada hubungannya antara istilah harta, takhta, dan wanita? Indonesia makin aneh saja! Daud Soelaiman

Siksa Koruptor YA Allah ya Robbi, siapa pun orang-orangnya, apa pun jabatannya, yang suka mempermainkan anggaran dengan tujuan mengambil keuntungan pribadi serta golongannya berikanlah azab-Mu yang sangat pedih di dunia. Siksalah mereka, ambil harta mereka yang didapat dengan tidak halal, menipu rakyat. Oncom Hideung

SENO

Berintegritas Tinggi MENGINGAT banggar itu mengelola proyek yang nilainya triliunan, bagaimana kalau seluruh anggota banggar disyaratkan untuk mengumumkan kepada publik, tidak hanya LHKPN (laporan harta kekayaan pejabat negara) setiap tahun, tetapi juga SPT pribadi tahunan yang dilaporkan sebagai pembayaran pajak mereka? KPK diminta setiap tahun mencocokkan LHKPN = SPT pribadi. Kalau tidak sama, para anggota banggar harus bisa membuktikan itu secara terbalik. Barulah rakyat percaya integritas anggota banggar. Rudy Capelle

Mentalitas MARZUKI Alie, kader dan pengurus

DI Wonosobo, Jawa Tengah, anggota DPRD kaya-kaya. Yang tadinya pengangguran jadi anggota DPR baru satu tahun sudah punya rumah seharga Rp200 jutaan, beli tanah di mana-mana, perlu diusut. 6738617xxx PEMERIINTAH sibuk dengan sistem, tetapi sumber masalah di hati manusia! 6285796239xxx JANGAN harap negara ini bisa maju seperti negara lain selama masih ada penjahat berdasi. 6281515389xxx

FORUM

yang diusung Partai Demokrat, sudah tidak terjadi jika DPR paham dengan waktunya sadar bahwa dia tidak berke- upaya pemberantasan korupsi. DPR harus becermin dan malu mampuan untuk menkepada masyarakat. duduki kursi ketua dari Kirimkan tanggapan Suparman dewan yang seharusnya dan komentar Anda mewakili rakyat itu. melalui: Rakyat membutuhkan Maia APBD orang-orang yang tidak SMS INTERAKTIF dan APBN berpenyakit mental. 0811140772 Kahar Zakir BUKAN barang baru lagi Senin-Sabtu, 07.05 WIB persoalan itu. Cuma, kita di Metro TV tidak tahu mau mengadu DPR Harus ke mana. Kami orang ONLINE Becermin daerah pun seperti itu, mediaindonesia.com kalau kita dengar keluhan BANYAK masalah huFACEBOOK para pemborong sebekum telah melibatkan Harian Umum lum jatuh proyek, mereka anggota DPR. DampakMedia Indonesia sudah disuruh membanya telah merugikan yar, baru mendapatkan rakyat dan negara. Kaproyek atau pekerjaan di lau dibiarkan, masalah demi masalah akan selalu muncul. daerah lagi, yang paling seram pula. Togar Samosir Perseteruan KPK dengan DPR mestinya

Sumbang Saran

Koruptor Gila Harta

WALAUPUN akan mubazir ujungujungnya, tapi sudah jelas langkah Laode sudah bisa membagi sumbang saran untuk negeri tercinta ini. Lanjutkan terus, masyarakat setuju 1.000% dengan ide Anda itu. Yaditoska

PADA gila harta, koruptor gak malu?? Tolol yah. Maman Budiman

Kejujuran

YANG kita takutkan pengaduannya hanya masuk kantong sampah. Ucup Gunawan Wibisono

SEKARANG kita kembali saja ke setiap anggota dewan dan semua parpol yang diwakili, berani tidak memberi contoh kejujuran untuk membuka kasus itu? Kalau mereka jujur di mulut saja, dan tidak ke hati, mereka tidak pantas disebut wakil rakyat, tapi lebih pantas disebut dewan perwakilan rakus dan tidak layak dipilih kembali. Kresnanda

DPR, Dewan Penghancur Rakyat MASYARAKAT kecil sudah tak mau dibodohi terus oleh DPR. 6281515389xxx APAKAH DPR akan berbuat semaunya sendiri? Sudah jelas terima fee dari segala proyek, kok berlagak bersih. 6285755900xxx MARZUKI Alie stres berat. 6285736739xxx EDISI negara bobrok. Korupsi uang rakyat dari akar hingga

daunnya, di saat rakyat sengsara. 6285791370xxx

semuanya akan saya sumbangkan buat rakyat. 628989191xxx

KALAU ada negara dengan pemimpin dan pejabatnya gak bener, sampai kiamat pun rakyatnya gak bakalan makmur. 6281554425xxx

DPR dewan penghancur rakyat. 6285839120xxx

CARI pemimpin yang ahli, nonpartisan, nonparpol, prinsip saya jadi pemimpin merupakan totalitas pengabdian tanpa pamrih, jadi gaji saya

Kirimkan keluhan dan komentar Anda tentang pelayanan publik ke e-mail: forum@mediaindonesia.com

PERIKSA terus banggar. KPK jangan pedulikan ucapan anggota DPR berengsek itu. 62816371xxx BANGGAR merupakan biang mafia anggaran di seluruh daerah. Wajar ada yang mati-

matian menentang KPK. KPK maju terus. 6287795025xxx KALAU aparat pemerintah bersih dari korupsi, tak kenal suap, sogok, dan lainlain, kelak Indonesia tidak cuma jadi negara maju, tetapi bakal bertransformasi spektakuler. 628989191xxx DPR ujung-ujungnya mengarah menjadi tikus negara. Yang bicara KPK anak DPR dan yang menyudutkan KPK itulah penjahat. 6281945955xxx

Masuk Kantong Sampah

Jangan Pedulikan Suara KPK harus terus memeriksa semua pihak yang diduga mengetahui ataupun terlibat dalam kasus Banggar DPR ini. Jangan pedulikan suara ataupun intervensi dari berbagai pihak mulai merasa terusik, berantas habis. Fadrie Gunawan

Bocor SOAL UAN aja bocor, apalagi urusan duit triliunan. Fajar Budiati

Hentikan Mereka! LELAH berkomentar, sementara uang rakyat yang dikorupsi tidak bakalan kembali, para koruptor terus pakai jurus menyesatkan. Lebih baik, kata ‘lanjutkan’ diganti dengan ‘hentikan mereka!’ Arman Suharza

Kirimkan komentar Anda atas tema Keselamatan Penumpang di Transportasi Publik Tetap Menghawatirkan (periode 3 - 8 Oktober 2011) ke: opini publik di mediaindonesia.com

Kecewa pada Asuransi Mobil Takaful

Klarifikasi Citibank

P

T

ADA 19 September saya melakukan klaim asuransi mobil ke Takaful Pusat. Sebelumnya, saya sudah ke bengkel rekanannya, MAI, di Warung Buncit. Atas saran service advisor-nya, Ibu Atik, saya dianjurkan untuk langsung ke Takaful Pusat bila memang ingin lebih cepat. Di Takaful pusat saya dibantu Pak Dian untuk mengurusi prosedur klaim tersebut. Semua yang saya keluhkan sudah diterima dengan baik dan ditulis di berita acara. Mobil saya pun sudah ditandai dengan coretan spidol putih di tempat-tempat yang rusak. Setelah itu, saya disarankan menunggu 1-2 hari kerja untuk SPK-nya, yang akan dikirim langsung ke bengkel rekanan yang sudah saya tunjuk. Ternyata, SPK baru keluar ke bengkel pada Jumat (23/9) pagi, yang sebelumnya pada Kamis (22/9) sore manajer klaim Takaful, Pak Afzil, menghubungi saya melalui telepon untuk menjelaskan keterlambatan tersebut. Itu pun setelah saya proaktif dengan berulang kali meng-

hubungi pihak Takaful untuk menanyakan proses SPK saya yang belum selesai. Pada Jumat (23/9) siang, saya ke bengkel MAI yang terletak di Warung Buncit dan diterima Ibu Atik. Di situ saya ingin bertemu dengan orang bengkel yang mengerti teknik kerusakan secara detil. Akhirnya, saya dibantu seorang mekanik. Lalu, saya berjanji kembali pada Senin (26/9). Pada tanggal tersebut, saya datang kemudian dibantu Ibu Atik dan mekanik yang sama. Mobil langsung diperiksa. Sesudah hasil pemeriksaan keluar, pihak bengkel melalui Ibu Atik mengajukan klaim tambahan ke pihak Takaful mengenai roda kiri belakang. Menurut Ibu Atik, klaim SENO

tersebut sudah diterima Pak Bowo dan tinggal menunggu respons dari pihak Takaful. Pada 28 September, saya menghubungi Ibu Atik melalui telepon untuk menanyakan klaim roda belakang saya yang menurut dia belum ada berita dari pihak Takaful. Saya pun disuruh menghubungi langsung pihak Takaful. Saya menghubungi manajer klaimnya

Pak Afzil melalui SMS. Dia memutuskan untuk tidak mengover klaim saya atas kerusakan akibat benturan di roda belakang. M e n u ru t p e m e r i k s a a n

pihak bengkel melalui Ibu Atik, kerusakan tersebut disebabkan aus pemakaian, bukan akibat benturan atau kecelakaan. Saya menghubungi Ibu Atik untuk mengklarifikasi info dari Pak Afzil, dan bertanya apakah ia sudah melihat roda/pelek yang penyok dan bengkok di bagasi, yang telah ditandai juga dengan coretan-coretan oleh pihak Takaful. Ibu Atik menjawab dia belum melihatnya. Dia juga menjawab belum diberi tahu oleh mekanik soal bekas benturannya itu. Pada hari yang sama saya coba menghubungi pihak humas Takaful, yakni Pak Sofyan, melalui telepon dan SMS sebanyak tiga kali. Namun, itu tidak direspons. Saya mengirim SMS ke Pak Afzil dan dijawab keputusan Takaful tidak berubah. Saya juga meminta klarifikasi dan dibalas beliau tidak ada waktu. Saya sangat kecewa dengan pelayanan mereka. Evert Prabowo Kelapa Dua Wetan No 2 Jakarta Timur 13730 epevert@gmail.com

ERIMA kasih atas perhatian Bapak Kurniawan Julianto terhadap Citi-

bank. Dalam menanggapi surat pembaca yang ditulis Bapak Kurniawan Julianto di Media Indonesia, bersama ini kami informasikan bahwa kami telah menghubungi Bapak Kurniawan Julianto dan memberikan penjelasan mengenai masalah yang dikeluhkan. Perlu kami sampaikan pula

bahwa pihak merchant juga telah menghubungi Bapak Kurniawan Julianto. Kami juga mengucapkan terima kasih atas masukan yang Bapak Kurniawan Julianto berikan berkaitan dengan penggunaan ATM PIN pada layanan menu informasi nilai tukar. Apabila masih ada yang ingin Bapak Kurniawan Julianto sampaikan kepada kami, Bapak dapat menghubungi

layanan 24 jam Citiphone Banking kami di nomor telepon (021) 353 9999 atau 69999 (melalui ponsel, tanpa kode area dan berlaku nasional) atau melalui website kami di www. citibank.co.id dengan memilih menu Contact Us. Dengan senang hati kami siap membantu Bapak. Hotman Simbolon Customer Care Center Head Citibank NA-Indonesia

Ragu Beli Produk Hush Puppies

D

UA kali membeli produk ikat pinggang Hush Puppies, dua kali pula saya dikecewakan mutunya. Bayangkan, lapisan cat pewarna kulit kedua ikat pinggang tersebut mengelupas hanya dalam beberapa kali pemakaian normal. Keduanya kini hanya teronggok tak berguna. Awalnya, pengalaman pertama saya anggap sebagai kesialan biasa. Namun ketika

hal serupa terjadi untuk kedua kalinya, itu sungguh tak bisa diterima. Pada pembelian kedua, sekitar dua bulan lalu, yang mengecewakan tidak hanya masalah cat yang mengelupas, tetapi juga keaslian bahan kulit yang sangat meragukan dari ikat pinggang yang saya beli itu. Jika diperiksa secara saksama, bahan yang digunakan tampak seperti kulit sintetis atau setidaknya bahan cam-

puran. Padahal, di ikat pinggang itu tertera tulisan genuine leather (kulit asli), yang semestinya menjadi jaminan kepastian bagi konsumen. Ternyata itu tidak demikian. Pengalaman buruk dengan ikat pinggang itu membuat saya ragu untuk membeli produk-produk kulit lainnya dari Hush Puppies. Irawan E Prasetyo Pondok Cina, Depok 08588 2230 789


S ELEKTA MEDIA INDONESIA | RABU, 5 OKTOBER 2011 | HALAMAN 16

Cheryl Cole Jalani Latihan Tempur PENYANYI asal Inggris, Cheryl Cole, 27, mengaku takut saat menjalani pelatihan tempur sebelum berangkat ke Afghanistan. Namun, ia tetap berkukuh tidak ada yang bisa menghentikan perjalanannya ke Timur Tengah guna menyemangati pasukan Inggris. Cole bahkan siap menghadapi hal terburuk, termasuk kemungkinan todongan senjata yang mengarah ke kepalanya. Ia siap menerjang berbagai risiko demi meningkatkan moral pasukan Inggris yang tengah bertugas di Provinsi Helmand, sebuah wilayah yang dikenal berbahaya. “Sebelum berangkat, aku mendapat pelatihan tempur yang menegangkan dan menakutkan. Mereka melatihku dengan berbagai macam skenario terburuk, termasuk kondisi saat senjata ditodongkan ke kepalaku,” kata Cole. Mantan vokalis Girl Aloud itu turut berpartisipasi dalam sebuah demon-

strasi penyerbuan markas musuh dan evakuasi korban lewat jalur udara dengan helikopter Chinook yang digelar pasukan Komando 42 Marinir Kerajaan Inggris. Cheryl mengaku sepanjang hidupnya ia tidak pernah diterpa debu sebegitu banyak ketika helikopter Chinook datang guna menjemput korban. “Afghanistan merupakan pengalaman yang menakjubkan. Seluruh perjalanan sangat luar biasa. Para pria dan wanita yang aku temui di sana begitu inspiratif, sangat berani, dan berdedikasi,” tambah mantan juri ajang pencarian bakat X Factor itu. Saat berangkat ke Afghanistan bulan lalu, Cole menaiki pesawat pengangkut pasukan yang terbang dari pangkalan udara Angkatan Udara Inggris, RAF Brize Norton, di Oxfordshire. Ia juga bertindak bak pelayan dalam perjalanan selama 12 jam itu. Ia tak sungkan menyediakan minuman dan ma-

kan malam berupa kentang serta sosis bagi rekan-rekan seperjalanannya. Saat tiba di Provinsi Helmand, Cole diberi seragam tentara dan langsung ambil bagian dalam simulasi perang, yang ia anggap ‘mengerikan’. “Saat aku memasuki sebuah ruangan, aku mendengar ledakan besar. Aku ketakutan, menjerit, dan melontarkan kata-kata kasar,” ucapnya. Kepala Gugus Tugas Marinir Inggris Letnan Kolonel Tim Purbrick mengatakan Cole tidak khawatir jika sepatunya kotor. “Senyumnya memesona. Ia mematuhi setiap perintah. Ia sama seperti tentara Inggris yang ada di sini,” tukas Purbrick. (*/Daily Mail/X-8)

REUTERS/LA(PHOT) DAVID HILLHOUSE

DPRD Bali didesak segera membongkar tuntas kasus yang diduga melibatkan buron kelas kakap. ARNOLDUS DHAE

mengatakan dalam waktu dekat DPRD Bali akan berkoordinasi dengan Pemkab Badung, NFORMASI mengenai buron kelas serta kejaksaan dan kepolisian setempat, unkakap Djoko Soegiarto Tjandra yang di- tuk mengusut tuntas kasus tersebut. Pada kesempatan lain, Pemkab Badung laporkan bisa membangun hotel mewah mengklaim proyek Hotel Mulia Resort yang di Bali membuat resah masyarakat. Masyarakat Bali yang tergabung dalam kini tengah dipersoalkan tersebut bukan Elemen Masyarakat Anti Korupsi Bali men- proyek bermasalah. Pembangunan hotel senilai Rp1,3 triliun itu, datangi Gedung DPRD Bali, kemarin. Mereka berunjuk rasa memprotes pemba- menurut Pemkab Badung, telah sesuai aturan. ngunan Hotel Mulia Resort di Pantai Geger, Hal itu terungkap dalam rapat kerja DPRD Kelurahan Pemige, Kecamatan Kuta Selatan, Badung dengan Pemkab Badung di Gedung Kabupaten Badung, Bali, yang dilaporkan DPRD Badung, kemarin. Kepala Dinas Pariwisata Daerah Badung dimiliki buron kasus pengalihan hak tagih Tjok Raka Darmawan dalam rapat itu (cessie) yang lari ke Singapura itu. Para demonstran kemudian diterima Ketua menyatakan dokumen yang masuk pada 2008 adalah atas nama Dirut Komisi I DPRD Bali Made PT Mulia Graha Tata LesArjaya. Mereka mendesak Kirimkan tanggapan Anda tari Viadi Sutoyo, bukan DPRD Bali membongkar atas berita ini melalui e-mail: atas nama Djoko S Tjantuntas kasus itu. “Karena itu, kami mende- interupsi@mediaindonesia.com dra. Pihaknya juga telah atau mediaindonesia.com melakukan pengecekan ke sak DPRD Bali segera mengFacebook: lapangan. Hasilnya, perambil langkah untuk memHarian Umum Media Indonesia mohonan telah memenuhi bongkar tuntas kasus Djoko Twitter: @MIdotcom syarat sehingga perizinan Tjandra, sebagai buron kasus dapat diproses. Akhirnya korupsi, tetapi mampu mendirikan hotel di Bali dibantu oknum pemerin- terbitlah permohonan rekomendasi pada tah di Bali,” kata Ketua Pengurus Daerah Oktober 2008. Kepala Dinas Cipta Karya Badung Ni Luh Kesatuan Mahasiswa Hindu Darma Indonesia Kadek Sumadiarta Natanya yang memimpin Putu Dessy mengakui sebelumnya memang pernah ada izin mendirikan bangunan (IMB) aksi tersebut. Desakan yang sama juga dikemukakan atas nama Djoko Tjandra. “Tapi, itu sudah Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) mati pada 1997. Sebagai ganti IMB lama Bali. Salah satu aktivis Walhi Bali, I Wayan (1997) telah dilakukan proses perombakan Suardana, mengatakan selain diduga terkait direksi PT Mulia Graha Tata Lestari dari Dirut dengan Djoko Tjandra, pembangunan hotel itu Djoko S Tjandra menjadi Viadi Sutoyo. Perjuga melanggar rencana tata ruang wilayah. gantian direksi ini diikuti dengan balik nama “Oleh karena itu, DPRD Bali harus membong- kepemilikan,” kata Ni Luh. (RS/X-9) kar skandal ini sampai tuntas,” kata Wayan. Ketua Komisi I DPRD Bali Made Arjaya arnold@mediaindonesia.com

I

Nobel Fisika untuk Peneliti Alam Semesta TIGA ilmuwan berbagi penghargaan Hadiah Nobel Fisika 2011 berkat penemuan mereka yang mengejutkan tentang perluasan alam semesta. Dikatakan bahwa perluasan alam terus berkembang dengan cepat, yang berarti suatu hari alam semesta diperkirakan akan membeku. “Jika perluasan terus berlangsung secara cepat, alam semesta akan berakhir menjadi es,” demikian kata Komite Nobel dalam sebuah pernyataan di Stockholm, Swedia, kemarin. Setengah dari hadiah senilai US$1,5 juta jatuh ke ilmuwan asal Amerika Serikat, Saul Perlmutter, 52. Sisanya dibagi untuk ilmuwan kelahiran AS Brian Schmidt, 44, yang kini tinggal di Australia, dan ilmuwan AS lainnya, Adam Riess, 42. “Akhirnya kami memberi tahu kepada dunia tentang hasil penelitian mencengangkan ini, alam semesta mengalami percepatan,” kata Schmidt. “Rasanya terlalu gila untuk menjadi benar

dan saya pikir kami sedikit takut,” tambahnya. Sejak 1920-an, ilmuwan telah meneliti perluasan alam semesta, sebagai akibat dari ledakan besar (Big Bang) yang terjadi 14 miliar tahun lalu. Namun, penemuan dari ketiga ilmuwan peraih Hadiah Nobel itu menunjukkan bahwa proses perluasan tersebut semakin cepat dan tidak melambat seperti yang dipikirkan kebanyakan orang. Percepatan itu diperkirakan didorong energi gelap, meski para kosmolog belum terlalu memahami masalah energi gelap tersebut. Mereka mengestimasi bahwa energi gelap, yaitu sejenis gravitasi terbalik, mencakup sekitar tiga perempat dari isi alam semesta. Hadiah Nobel mulai diberikan sejak 1901. Kategori fisika tahun lalu didapat ilmuwan Rusia untuk eksperimen soal graphene yang merupakan bahan tertipis dan terkuat di dunia. (*/Reuters/AP/I-1)

Kemenhub Bekukan Lisensi PT NBA KEMENTERIAN Perhubungan membekukan lisensi terbang (air operator certificate/AOC) PT Nusantara Buana Air (NBA) terhitung sejak Selasa (4/10). Pembekuan AOC dilakukan karena dari hasil evaluasi ditemukan bahwa maskapai NBA tidak memenuhi standar praktis penerbangan yang ditetapkan. Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Herry Bakti mengatakan dengan pembekuan AOC NBA, seluruh operasional maskapai itu pun otomatis berhenti. Operasional NBA bisa kembali dijalankan setelah NBA bisa memenuhi semua standar. “Pembekuan sementara sudah diteken Senin lalu, surat sudah dikirim ke maskapai dan berlaku efektif Selasa (4/10),” ungkapnya. Kemenhub mengaku sudah melakukan pengawasan untuk mengurangi kecelakaan. Menurutnya, audit keselamatan sesuai den-

gan ketetapan internasional, yakni dua tahun sekali. Mengenai kecelakaan pesawat CASA 212, lanjut Herry, masih menunggu evaluasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi. NBA adalah salah satu operator penerbangan perintis di Tanah Air. Maskapai itu melayani 38 rute di sembilan provinsi, di antaranya Sumatra 20 rute, Sulawesi lima rute, dan sisanya di Kalimantan, NTT, dan Maluku. Dengan berhentinya operasional NBA, layanan terbang perintis di Indonesia akan berkurang. Oleh karena itu, Kemenhub pun meminta maaf kepada seluruh pengguna jasa perintis yang umumnya di timur Indonesia. Dari Makassar, dilaporkan, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Provinsi Sulawesi Selatan tengah melakukan evaluasi kontrak layanan penerbangan perintis dengan PT Sabang Merauke Air Charter (PT SMAC). (*/X-6)

bursa saham AS, pada perdagangan awal pekan, Dow Jones Industrial Average terjungkal ke posisi terendah sejak September 2010. Bursa-bursa utama di regional Asia pun mengalami koreksi, seperti Hang Seng turun 3,40%, Nikkei-225 terkoreksi 1,05%, dan Straits Times tertekan 3,5%. Kepala Ekonom Bank Danamon Anton Gunawan mengatakan, Oktober menjadi saatsaat yang perlu diwaspadai terkait dengan ketidakpastian ekonomi global. “Oktober merupakan tricky time. Rupiah masih underpressure,” ujarnya. Karena itu, dia menilai pemerintah dan BI harus mengatur pasar mata uang dan surat utang dengan baik agar modal asing tidak keluar tiba-tiba. Selain itu, RUU Jaring Pengaman Sistem Keuangan (JPSK) perlu segera diselesaikan. Dengan adanya UU JPSK, pemerintah bisa langsung mengambil keputusan yang cepat dan penting ketika terjadi krisis. (WR/ML/Ant/X-10)

INDEKS harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) jatuh ke posisi terendahnya sepanjang 2011, kemarin. Pada penutupan perdagangan, IHSG berada di 3.269,45 atau mengalami koreksi 79,257 poin (2,37%). Sebelumnya, titik terendah IHSG ada di 3.316,14 pada 26 September 2011. Mengiringi turunnya IHSG, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) juga tertekan ke 8.890 per dolar AS. Kepala Riset PT MNC Securities Edwin J Sebayang mengatakan investor masih takut, paranoid, dan panik untuk berinvestasi. Mereka khawatir Yunani tidak bisa mengurangi defisit. Padahal itu menjadi syarat dari Uni Eropa, Dana Moneter Internasional, dan Bank Sentral Eropa untuk pencairan dana talangan (bailout) lanjutan. “Investor Indonesia masih takut dan panik untuk melakukan investasi,” ujar Edwin, kemarin. Tekanan itu tidak hanya terjadi pada pasar saham Indonesia, tetapi juga terhadap bursa sejumlah negara. Di

Berita terkait hlm 19

lik!

k

Usut Tuntas Isu Djoko Tjandra Bangun Hotel

Indeks Saham di Posisi Terendah 2011

Selancar Jadi Olahraga ahrag Resmi SMA di Hawaii Hawaii akan menjadi negara bagian pertama di Amerika Serikat (AS) yang menjadikan selancar sebagai olahraga resmi untuk para pelajar SMA di wilayah mereka. Gubernur Hawaii Neil Abercrombie dan Dinas Pendidikan Hawaii mengatakan selancar akan bergabung dengan olahraga lainnya seperti American football, bola basket, bola voli, dan renang sebagai olahraga wajib di AP/KELLY CESTARI sekolah negeri. Hal itu akan mulai dilakukan pada 2013. Negara bagian dengan julukan Aloha State itu memang terkenal karena ombak besar dan kompetisi selancar kelas dunia. Hawaii juga merupakan rumah bagi banyak peselancar profesional dan telah melahirkan beberapa juara dunia termasuk Carissa Moore yang beberapa waktu lalu mencatatkan diri sebagai juara dunia termuda di usia 18 tahun. (AP/OL-12)

BACAAN FAVORIT

1

2014, KOMPUTER TABLET MIRIP LAPTOP PERMINTAAN komputer tablet meningkat. Sejumlah desainer dunia pun menghabiskan waktu merancang komputer tablet masa depan. Salah satunya Phil Pauly. Ia mendesain komputer tablet yang menyerupai laptop. Menurut rencana, perangkat itu akan dirilis pada 2014. (Media Gadget)

2

KUNJUNGI FESTIVAL & TRAVEL MART RAJA AMPAT SIAPA tak kenal Raja Ampat, salah satu ikon wisata bahari wilayah Indonesia Timur yang menjadi bagian dari segitiga terumbu karang (coral triangle). Destinasi wisata idaman itu akan menyelenggarakan Festival & Travel Mart Raja Ampat di Pantai Wisata Waisai, Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, pada 20-23 Oktober 2011. (Media Travelista)


E KONOMI

Gen Pembangkit Biologis di Pagi Hari Penemuan cara kerja gen ini membantu menyingkap penyakit gangguan tidur dan beberapa penyakit kronis. Pop Riset, Hlm 21

| RABU, 5 OKTOBER 2011 | HALAMAN 17

DOK SXC-HU

EKONOMIKA

Pungutan Tarif RA Rawan Pelanggaran KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) menunda penerapan inspeksi kargo (regulated agent/RA) untuk kargo internasional hingga tiga bulan ke depan. Namun, untuk kargo domestik sudah diberlakukan sejak Senin (3/10). Kebijakan tersebut menuai kritik dari para pengusaha. Salah satunya dilontarkan Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kebijakan Publik, Perpajakan, dan Sistem Fiskal Hariyadi B Sukamdani. “Harusnya Kemenhub juga memperhatikan sektor domestik karena masih bermasalah,” tegasnya. Ia mengingatkan pola yang dianut Kemenhub rawan pelanggaran. Pasalnya, kebijakan menarik dana dari publik seperti tarif inspeksi sebesar Rp450/kg seharusnya diatur melalui peraturan pemerintah (PP). Sebelumnya, kalangan pengusaha logistik menyesalkan kengototan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub yang tetap meneruskan pelaksanaan aturan RA. Bahkan mereka berencana melakukan pembangkangan apabila pelaksanaan RA tetap diberlakukan. Ketua Gabungan Forwarder, Logistik, dan Ekspedisi (Gafeksi) Bandara SoekarnoHatta, Arman Yahya, menyatakan kekecewaannya terhadap Dirjen Perhubungan Udara atas keputusan itu. “(Mestinya) jangan dijalankan dulu karena semua pihak belum setuju,” tegasnya. Secara terpisah, Menteri Perhubungan Freddy Numberi mengingatkan agar pengusaha melihat iktikad baik pemerintah. Kemenhub memutuskan untuk menunda selama tiga bulan implementasi kebijakan RA untuk kargo internasional terutama dari kawasan berikat. Penundaan dilakukan karena adanya implementasi RA untuk kargo internasional menurut SKEP 255/IV/2011 yang dikeluarkan Kemenhub bersinggungan dengan UU Kepabeanan Nomor 17 Tahun 2006 milik Kementerian Keuangan. (*/E-4)

Lelang SUN Serap Dana Sesuai Target

STABILISASI PANGAN: Petani menggarap lahan pertanian, di Weleri, Kendal, Jawa Tengah, kemarin. Pemerintah telah menyiapkan dana cadangan sekitar Rp3 triliun untuk program stabilisasi pangan pada tahun ini, termasuk untuk menunjang rencana realisasi target produksi beras sebanyak 10 juta ton. ANTARA/R REKOTOMO

Hasil Audit BPK tidak Bergigi Dari 305 kasus senilai Rp33,66 triliun yang terindikasi tindak pidana sejak 2003, baru 139 kasus yang ditindaklanjuti penegak hukum. AKHMAD MUSTAIN

T

INGKAT pengembalian sebagai tindak lanjut hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap laporan keuangan instansi pemerintah pusat dan daerah dari tahun ke tahun sangat rendah. Hal itu menunjukkan hasil audit BPK tidak ampuh untuk membuat lembaga-lembaga terkait menindaklanjutinya dengan serius. Koordinator Investigasi dan Advokasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Uchok Sky Khadafi mengemukakan hal tersebut saat dihubungi, kemarin.

Menurut Uchok, meski diserahkan kepada DPR, hasil audit BPK tidak sakti atau tidak mempunyai kekuatan yang besar di hadapan DPR. “DPR ketika melakukan (perencanaan) APBD (anggaran pendapatan dan belanja daerah), misalnya, panduannya harus dari BPK. Tapi meskipun ada audit dari BPK kepada suatu lembaga atau daerah dan mendapat opini jelek, tetap saja dinaikkan alokasi dananya. Jadi, audit BPK ini tidak sakti,” tukasnya. BPK menyerahkan Laporan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan (IHSP) Semester I 2011 atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara sepanjang 2010, kemarin. Pemeriksaan meliputi lingkungan pemerintah pusat, pemerintah daerah, badan usaha milik negara (BUMN), badan usaha milik daerah (BUMD), dan lembaga lain yang mengelola keuangan negara. Melalui proses audit, BPK menemukan kerugian, potensi kerugian, dan kekurangan penerimaan senilai Rp7,71 triliun.

Dari jumlah itu, baru 1,77% atau senilai Rp136,77 miliar yang ditindaklanjuti entitas yang diperiksa dengan penyetoran ke kas negara/daerah/ perusahaan. Berdasarkan catatan BPK, selama periode 2003 sampai dengan semester I 2011, terdapat 305 kasus senilai Rp33,66 triliun yang terindikasi tindak pidana. BPK menyatakan semua kasus itu telah dilaporkan ke Kepolisian RI, kejaksaan, dan Komisi Pemberantasan Korup-

si (KPK). Namun, sebanyak 139 kasus belum ditindaklanjuti atau tidak ada data tindak lanjutnya. “Untuk tahun ini ada 13 temuan yang kita laporkan. Tujuh ke Kepolisian RI, dua ke kejaksaan, dan empat ke KPK, tapi belum ada yang ditindaklanjuti,” ujar Wakil Ketua BPK Hasan Bisri. Hanya pajangan Pada semester I 2011, BPK memberikan opini wajar dengan pengecualian atas La-

poran Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2010, sama halnya dengan opini 2009. Sebelum 2009, selama lima tahun berturut-turut BPK memberikan opini tidak memberikan pendapat atas LKPP. Secara keseluruhan bersama laporan keuangan kementerian negara, lembaga negara, dan lembaga pemerintah nonkementerian, BPK memberikan opini wajar tanpa pengecualian atas 52 laporan keuangan kementerian/lembaga (LKKL), opini wajar dengan pengecualian atas 29 LKKL, dan opini tidak memberikan pendapat pada dua LKKL 2010. Dalam menanggapi hal itu, Uchok meminta kementerian, lembaga, ataupun pemerintah agar tidak berbesar hati apabila mendapat opini wajar tanpa pengecualian. “Secara hukum dan politis hasil audit juga hanya sebagai pajangan yang dipublikasikan. Efeknya tidak memperbaiki administrasi keuangan. Korupsi tetap merajalela.” (*/E-1) mustain@mediaindonesia.com

P E M E R I N TA H m e n d a p a t penawaran sekitar Rp9,47 triliun pada lelang surat utang negara (SUN), kemarin. Adapun jumlah dana yang diserap dalam lelang tersebut Rp6 triliun, sesuai dengan jumlah indikatif yang ditetapkan pemerintah. Menurut Dirjen Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan Rahmat Waluyanto, investor lokal masih mendominasi dalam lelang tersebut. Jumlah bank asing yang ikut serta kali ini tidak banyak. “Tanda baik, pemain lokal mulai meningkat peranannya. Ke depan, pemain lokal diharapkan makin besar peranannya dan asing semakin berkurang.” Pada akhir September, kepemilikan investor asing mencapai Rp218,09 triliun (31,3%) dari Rp696,56 triliun SUN yang dapat diperdagangkan. Sepanjang bulan lalu, penempatan dana asing di SUN menyusut hingga Rp33,14 triliun dari posisi tertingginya Rp251,23 triliun seiring gejolak pasar global. (Sha/E-2)

Wacom Luncurkan Dua Produk Baru UNTUK memenuhi kebutuhan pengguna komputer dalam mengakses media sosial dan kreatif, Wacom meluncurkan dua produk terbaru mereka yaitu Bamboo generasi ketiga dan Cintiq 24 inci high definition (HD). Semua model Bamboo tablet itu merupakan produk multitouch tanpa baterai dan nirkabel. “Wacom fokus pada touch technology,” terang Director and Executive Officer Region Director Japan-Asia Pacific Region, Shigeki Komiyama, di Jakarta, kemarin. Tahun ini Wacom menargetkan total penjualan famili Bamboo mencapai 7.500 unit dan sekitar 50%-60% adalah Bamboo generasi ketiga ini. Tahun depan Wacom menargetkan penjualan 9.000 unit. “Tahun lalu kami menca pai sekitar 6.000 unit untuk Indonesia dan total market share kami estimasikan mencapai 80%,” ujar Marketing Manager Datascrip, Joshua Siregar. (*/E-2)

Pasien Kanker Stadium Lanjut Menggunakan Pisau Argo Helium sebagai Senjata untuk Membunuh Sel Kanker

D

I sini saya akan membawa para pembaca mengenal lebih jauh tentang ‘pisau’ Argo Helium. Seorang dokter bernama Liu Yan Sheng sedang melakukan pengobatan untuk pasien kanker hati stadium lanjut. Di bawah panduan CT-Scan, akan dimasukkan dua jarum yang diameternya kurang lebih 3 mm melalui kulit pasien dan langsung mengenai tumor tersebut. Setelah 10 detik, gas argo akan membuat suhu menurun hingga -145 derajat celsius dan membuat sel tumor lansung membeku menjadi ‘bola salju’ setelah 15 menit, dengan menggunakan gas helium, suhu akan naik kembali hingga 10-20 derajat celsius. Melalui dua proses yang memakan waktu kurang lebih 40 menit, ‘bola salju’ akan menjadi retak dan pecah. Hal itu sama artinya bahwa sel tumor telah mati. Menurut cerita dokter Liu, sebelumnya ada pasien dari Indonesia yang bernama Ibu Lin, beliau tanpa sengaja menemukan tumor ganas di hatinya. Walaupun tumor tersebut masih dalam ukuran kecil, Ibu Lin tetap barasa khawatir dan berusaha ke

banyak tempat untuk melakukan pengobatan. Setelah Ibu Lin mendapatkan referensi dari temannya, akhirnya beliau memutuskan untuk melakukan pengobatan di RS Modern Guangzhou. Hasil pemeriksaan dari tim medis menyatakan bahwa tumor berada di lobus kanan hati dan agak dalam, sehingga tidak disarankan untuk pembedahan. Untuk menjaga fungsi hati namun juga dapat mematikan tumor, tim medis memutuskan untuk melakukan metode cryosurgery(pembekuan) kepada pasien. Setelah beberapa bulan kemudian pasien telah pulih sepenuhnya. Ada pula pasien yang berumur 55 tahun berasal dari Jepang yang telah mengidap kanker dubur dan telah melakukan pembedahan. Tiga tahun kemudian, pasien kembali merasakan tidak nyaman di ulu hatinya. Setelah melakukan CT-Scan diketahui bahwa tumor tersebut telah menyebar ke beberapa bagian hati dan ukuran terbesar mencapai 8 cm. Dengan metode ‘pisau’ cryosuregry, beliau sudah dapat hidup normal dan bekerja kembali ke Jepang.


18

E KONOMI NASIONAL

RABU, 5 OKTOBER 2011

Batu Bara Ekspor di Atas 5.700 Kalori PEMERINTAH akan mengeluar kan peraturan menteri tentang nilai tambah batu bara pada akhir tahun ini. Dalam draf peraturan disebutkan batu bara yang boleh dijual ke luar negeri adalah yang memiliki kalori lebih dari 5.700 kkal/ kg. Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Thamrin Sihite mengungkapkan hal tersebut, di Jakarta, kemarin. Menurut dia, draf itu masih belum final, termasuk persyaratan kalori batu bara yang diperbolehkan untuk diekspor. Pemerintah masih akan mendiskusikan lebih lanjut dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk pengusaha mineral dan batu bara. “Bulan ini akan ada diskusi besar. Hasilnya nanti akan dimasukkan ke permen. Kalau konsep pasalnya sudah, tinggal

bagaimana kami merumuskan penyelesaian angkanya,” ung kap Thamrin di Jakarta, kemarin. Pasal 5 ayat 3 draf peraturan menteri itu menyebutkan pembentukan nilai tambah batu bara bukan hanya berupa peningkatan kalori batu bara (coal upgrading). Namun, juga ada beberapa cara lainnya, yaitu melalui peng gerusan batu bara (coal crushing), pencucian batu bara (coal washing), pencampuran batu bara (coal blending), dan pengolahan batu bara peringkat rendah menjadi karbon aktif. Kemudian, pada ayat 4 disebutkan bahwa pengolahan batu bara melalui pencampuran batubara (coal blending) dan/atau coal upgrading ditujukan untuk mengubah batu bara dengan kalori 5.700 kkal/kg menjadi batu bara kalori tinggi. Ketua Presidium Masyara-

kat Pertambangan Indonesia Herman Afif Kusumo menilai proses upgrading batu bara yang dikemukakan Kementerian ESDM baru sebatas pilot project. Proses itu belum sampai pada industrial commercial plant. “Rencana ini masih ada lubang tidak jelas karena hingga saat ini belum ada teknologi upgrading batu bara yang terbukti secara teknis maupun komersial untuk meningkatkan kualitas batu bara,” kata dia. Herman melanjutkan larangan ekspor batu bara sampai dengan kalori 5.700 kkal/kg akan meliputi 40% produksi batu bara nasional. “Ini berpotensi mengurangi penerimaan negara di sektor pertambangan lebih dari 30%, berkurangnya jumlah tenaga kerja hingga 52%, serta berkurangnya dana pemberdayaan masyarakat hingga 59%.” (Atp/E-1)

RI Ancang-Ancang Perkuat Kemitraan dengan India INDONESIA dan India, kemarin, sepakat memulai pranegosiasi kemitraan ekonomi secara luas yang mencakup perdagangan, investasi, dan kerja sama teknis lain. Dengan kerja sama dalam kerangka Indonesia-India Comprehensive Economic Cooperation Agreement/II-CECA) itu, volume perdagangan kedua negara ditargetkan menjadi US$25 miliar pada 2015. “Langkah selanjutnya adalah membentuk unit kerja yang akan mengidentifikasi prioritas kedua pihak, baik dari segi bidang maupun permasalahan perdagangan,” ujar Menteri Perdagangan Mari Pangestu saat jumpa pers di Jakarta, kemarin. Menurutnya, permasalahan perdagangan kedua negara antara lain larangan impor daging sapi dan hambatan nontarif atas produk farmasi India. Adapun Indonesia mengalami hambatan nontarif untuk ekspor biji pinang dan produk makanan, serta struktur tarif India yang kompleks. Lebih lanjut, Mendag mengatakan India telah membuka keran ekspor berasnya ke Indonesia dan mempersilakan Bulog untuk bernegosiasi secara busi-

MI/PANCA S

Kita mau menuju ekspor (barang) dengan nilai tambah.” Mahendra Siregar Wakil Menteri Perdagangan ness to business. Menteri Perdagangan India Anand Sharma mengatakan India membuka ekspor beras tanpa syarat apa pun selama suplai mereka dalam kondisi surplus. Berdasarkan data statistik, nilai perdagangan bilateral kedua negara di selama 2010 mencapai US$13,2 miliar. Dari sisi investasi, pada semester I 2011 nilai investasi India di Indonesia sebesar US$35 juta. Adapun India yang selama ini luput dari perhatian, pada Agustus 2011 menjadi pasar ekspor terbesar keempat RI

dengan nilai US$1,39 miliar. Di lain hal, total ekspor RI pada bulan tersebut mencapai US$18,81. Meski begitu, Badan Pusat Statistik sempat mengingatkan agar dunia usaha dan pemerintah mewaspadai dampak negatif dari perlambatan perekonomian global ke kinerja perdagangan RI. Dampak negatif itu diperkirakan akan dirasakan mulai Oktober ini. Wakil Menteri Perdagangan Mahendra Siregar mengakui antisipasi tidak cukup hanya dengan diversifikasi pasar ekspor. Yang paling utama, adalah mendorong penghiliran industri agar ekspor tidak lagi sekadar barang mentah. “Kita mau menuju ekspor (barang) dengan nilai tambah,” tuturnya. Ia mencontohkan, volume ekspor kakao selama JanuariAgustus 2011 turun 30,7% karena dipicu menurunnya volume ekspor biji kakao 50,5%. Namun, ekspor kakao olahan justru meningkat 58%. Kenaikan ekspor kakao olahan dan produk manufaktur lain, seperti tekstil, karet, alas kaki, serta otomotif, menurutnya, mengindikasikan peningkatan output sektor industri manufaktur. (AI/E-3)

MI/ROMMY PUJIANTO

KUNJUNGI GARUDA: CEO Garuda Maintenance Facilities (GMF) Richard Budihadianto (kanan) berbincang dengan Executive Commissioner Young President Organization (YPO) Anthony Akili ketika kunjungan di GMF Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, kemarin. Kunjungan YPO dan World President Organization (WPO) tersebut merupakan bagian dari program pengembangan wawasan anggota melalui kunjungan ke perusahaan-perusahaan yang dinilai berhasil.

Angkat Produksi Ikan KKP Berguru ke Norwegia Melalui penerapan teknologi aquaculture produksi ikan diharapkan dapat mencapai target seperti yang ditetapkan pemerintah. FIDEL ALI PERMANA

I

NDONESIA dikenal sebagai negara penghasil ikan terbesar kedua di dunia. Sebagai negara kepulauan yang memiliki lautan yang lebih luas daripada daratan, tentunya kemampuan Indonesia memproduksi ikan sudah tidak diragukan lagi. Apalagi, letak geografis Indonesia turut mendukung hal itu. Tapi, meski menjadi penghasil ikan terbesar kedua, Indonesia bukanlah negara pengekspor ikan terbesar di dunia. Saat ini, posisi pengekspor ikan terbesar kedua dunia ditempati Norwegia. Meski luas lautannya kalah jauh dengan Indonesia, negara itu mampu

menduduki peringkat kedua teratas sebagai pengekspor ikan. Hal itu bisa terjadi karena Norwegia menerapkan teknologi budi daya ikan yang dikenal dengan aquaculture. Pada prinsipnya, aquaculture adalah metode pengembangbiakan ikan di dalam keramba jaring apung. Di dalam keramba itu, ikan dikerangkeng dalam satu wadah, kemudian dikembangbiakkan dengan metode genetika untuk meningkatkan bobot ikan. Sebagai contoh, teknologi genetika itu telah diterapkan pada ikan salmon. Biasanya, salmon membutuhkan waktu satu tahun untuk mencapai berat 1 kilogram. Tapi dengan teknologi itu, dalam satu tahun dapat dicapai berat 3 kilogram. Tertarik akan kemampuan Norwegia tersebut, Indonesia ingin belajar dan mengadopsi metode itu untuk mendongkrak kuantitas dan kualitas produk perikanannya. Di sela Seminar Aquaculture di Hotel Borobudur, Jakarta, kemarin, Direktur Jenderal Perikanan Budi Daya Kementerian

Kelautan dan Perikanan (KKP), Ketut Sugama, mengatakan Indonesia ingin mengadopsi teknologi aquaculture. “Kita maunya diterapkan pada kakap putih. Untuk mencapai 1 kilogram, bisa satu tahun dengan teknologi itu,” urainya. Selain kakap putih, rencananya teknologi itu juga akan dipakai pada budi daya ikan air laut lainnya, seperti kerapu, polbintang, dan bandeng. Untuk ikan air tawar, akan diterapkan pada budi daya lele, nila, mas, patin, dan gurame. Sebagai implementasinya, penerapan aquaculture di Indonesia akan dilakukan di perairan lepas pantai di wilayah Indonesia Timur. Kawasan itu dipilih lantaran kondisi pantainya yang masih bersih sehingga dapat dibangun wadah pengembangbiakan sejauh 4 kilometer dari bibir pantai. Melalui penerapan teknologi aquaculture produksi ikan diharapkan dapat mencapai target seperti yang ditetapkan pemerintah. “Dengan teknologi ini, target kita seberat 8,9 juta ton untuk ikan bisa tercapai.

Sekarang baru 1,7 juta ton kombinasi ikan tawar dan ikan laut,” imbuhnya. Berbagi Pada kesempatan yang sama, Duta Besar Norwegia Eivind S Homme mengatakan adopsi teknologi aquaculture akan sangat membantu industri perikanan di Indonesia. “Pengembangan teknologi, kualitas, serta pasar bagi produk perikanan budi daya, Norwegia telah mendapatkan pelajaran yang sangat berharga di masa lampau untuk dapat mencapai kondisi seperti sekarang. Kami ingin membagi pengalaman, pengetahuan, dan teknologi kami dengan Indonesia,” kata Homme. Menurutnya, Norwegia akan berkontribusi dalam dua hal, yakni pengelolaan ikan dan perikanan budi daya. “Pengembangan perikanan dan pengaturannya memainkan peranan penting dalam proyek peningkatan produksi ikan,” pungkasnya. (E-4) fidel@mediaindonesia.com

Penggunaan ISPO tidak akan Ganggu Ekspor Sawit KELUARNYA Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) dari forum internasional untuk kelestarian komoditas minyak kelapa sawit (Roundtable on Sustainable Palm Oil/ RSPO) tidak akan berpengaruh pada ekspor kelapa sawit Indonesia. Hal itu diungkapkan Kepala Subdirektorat Industri Hasil Perkebunan Nonpangan Lainnya (IHPNPL) Kementerian Perindustrian Sri Hadisetyana di Jakarta, kemarin. Menurutnya, standar internasional ISPO (Indonesia sustainable palm oil) yang dimiliki Indonesia juga telah mendapat pengakuan dari negara-negara lain, seperti Eropa. “Eropa sudah menerima ISPO. Kita tidak perlu khawatir,” kata Sri Hadisetyana. Gapki resmi keluar dari RSPO pekan lalu. RSPO menyesalkan keluarnya asosiasi yang mewakili seluruh pengusaha sawit asal Indonesia yang merupakan negara produsen terbesar crude palm oil (CPO) saat ini. Dikatakan dalam situsnya, RSPO memahami kepentingan Indonesia untuk terus berkembang dan meyakini komitmen Indonesia untuk mengawal perkebunan kelapa sawit secara berkelanjutan. RSPO menganggap Indonesia telah mencapai standar kelas dunia dan bisa menjadi salah satu contoh tero-

ANTARA/ZABUR KARURU

KELAPA SAWIT: Petani memindahkan kelapa sawit di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, beberapa waktu lalu. Keluarnya Gapki dari forum Roundtable on Sustainable Palm Oil tidak akan berpengaruh pada ekspor kelapa sawit Indonesia. bosan baru dalam praktik perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan. Di lain hal, Direktur Eksekutif Gapki Fadhil Hasan menuturkan alasan Gapki keluar dari RSPO adalah untuk mendukung peraturan pemerintah. Pemerintah mengharuskan pelaku usaha kelapa sawit untuk bergabung dalam standar internasional ISPO. Melalui sertifikasi itu, Gapki berharap dapat menjalankan keberlangsungan industri kelapa sawit yang bertanggung

jawab. “Langkah ini kami ambil untuk mendukung pemerintah. Namun, kami tidak mewajibkan para anggota untuk ikut keluar. Bagi yang ingin tetap bergabung memakai RSPO, silakan saja,” ujar Fadhil. Menurutnya, standar internasional yang dimiliki Indonesia ini masih dalam tahap persiapan. Untuk itu, pemerintah akan mengirimkan pemberitahuan ke negara-negara tujuan ekspor untuk memperkenalkan ISPO sebagai bentuk sosialisasi. (AI/E-4)


E KONOMI GLOBAL

RABU, 5 OKTOBER 2011

19

Eropa Tunda Pencairan Dana Yunani Kejatuhan saham perbankan Eropa dan ketatnya pasar uang memicu kecemasan terciptanya krisis kredit. IRANA SHALINDRA

M

ENTERI-MENTERI keuangan Uni Eropa mempertimbangkan untuk memperbesar peran perbankan dalam mengatasi krisis utang Yunani. Mereka pun sepakat untuk menunda pencairan dana bailout 8 miliar euro bagi Athena yang semula dijadwalkan pertengahan bulan ini. Keputusan 17 menteri keuangan Uni Eropa dalam pertemuan di Luksemburg, kemarin, itu menciptakan titik rapuh dalam krisis utang di zona euro. Penundaan penyaluran dana bailout menjadi November serta peninjauan kembali keterlibatan sektor swasta menimbulkan kecemasan Yunani akan gagal bayar (default). Jean-Claude Juncker, Presiden Eurogrup, mengatakan para menteri keuangan sedang meninjau ulang penyertaan sektor swasta dalam rencana bailout kedua sebesar 109 miliar euro untuk Yunani setelah Yunani menyatakan kesulitan memenuhi target defisit mereka.

Di bawah kesepakatan 21 Juli silam, kreditur swasta sepakat menghapus 21% utang Yunani atau memperpanjang masa jatuh tempo. Pemerintahan zona euro sendiri menyediakan peningkatan pembiayaan kredit untuk menarik minat swasta. Dengan memburuknya ekonomi Yunani, kesepakatan itu perlu direvisi, ujar Juncker. Adapun Prancis sebagai pihak dengan perbankan yang memiliki eksposur tinggi terhadap aset Yunani mendorong semua pihak untuk bertahan dengan rencana awal. Di Yunani, Menteri Keuangan Yunani Evangelos Venizelos mengatakan Yunani dapat bertahan hingga pertengahan November. Sebelumnya, pemerintah Yunani sempat mengklaim likuiditas yang tersedia hanya mencukupi hingga Oktober ini. Inspektur pemeriksa utang Yunani atau troika, sebenarnya sudah mengisyaratkan persetujuan mereka atas pencairan dana 8 miliar euro, yang merupakan fase ke-6 dari total dana bailout 110 miliar euro bagi Yunani. Namun melesetnya defisit Yunani menjadi 8,5% dari target 7,6% pada tahun ini membuat troika menunda keputusan hingga beberapa minggu ke depan. Di sisi lain, pembengkakan defisit dapat berimplikasi pada kebutuhan dana bailout yang makin besar.

Tenggelam Ketidakpastian penyelesaian Yunani membuat pasar makin tenggelam dalam zona merah. Euro menyentuh level terendah dalam 9 bulan ke level 1,3144 per dolar AS, dan terendah dalam 10 tahun terhadap yen. Sementara itu, indeks bursa saham Eropa, AS, dan Asia melanjutkan keterpurukan mereka sejak Senin (3/10). Kepercayaan investor saham juga makin tertekan dengan masalah yang menimpa Bank Dexia, bank milik Prancis-Belgia. Dexia memiliki eksposur besar obligasi Yunani. Harga saham Dexia yang juga memiliki eksposur besar atas obligasi daerah di AS dilaporkan turun 37%, setelah turun 10% pada Senin (3/10). Menteri Keuangan Prancis dan Belgia dalam pernyataan bersama mengatakan Paris dan Brussel akan melakukan segala upaya untuk melindungi pemegang rekening dan kreditur Dexia. Lembaga keuangan Goldman Sachs menambah kecemasan investor dengan merevisi turun proyeksi perekonomian 2012. Menurut Goldman, wilayah Eropa akan mengalami resesi ringan mulai triwulan akhir ini hingga triwulan depan. AS pun dinilai Goldman masih rentan akan kemungkinan resesi. (Reuters/WSJ/AP/E-2) iras@mediaindonesia.com

AP/EVERT ELZINGA

KESELAMATAN PENERBANGAN: Seorang pengunjung berjalan melewati model sebuah koridor pemindaian di Konferensi Keamanan Penerbangan International Air Transport Association (IATA AVSEC) di Amsterdam, Belanda, kemarin. Industri perusahaan penerbangan telah mempresentasikan alat keamanan yang akan mempercepat pemeriksaan dengan menyortir penumpang sesuai dengan tingkat risiko mereka.

Swiss, Tax Haven Nomor Satu MESKI Swiss sudah bersepakat dengan Amerika Serikat untuk mengungkap identitas pa ra penghindar pajak, negara ter sebut masih tetap menjadi tujuan utama bagi mereka yang mengidamkan kerahasiaan finansial. Swiss berada di posisi puncak peringkat internasional negara-negara tax haven--istilah untuk negara dengan tarif pajak rendah atau bahkan nol, dengan kerahasiaan tinggi. “Swiss adalah pemimpin dalam persembunyian finansial, bekerja sama setengah hati dengan negara maju, sedangkan menjalin hubungan mesra

dengan para penghindar pajak di negara berkembang,� demikian tulis laporan organisasi nir laba dan nirpartisan Tax Justice Network yang dilansir kemarin. Sebenarnya, meski memiliki tradisi kerahasiaan bank, Swiss telah menandatangani kesepakatan pembagian informasi sebagai bagian dari program pelaporan dengan Organisasi Kerja Sama Pembangunan dan Ekonomi (OECD). Namun, laporan TJN menyebut kesepakatan itu ternyata tidak efektif. Laporan tersebut juga menya takan keterlibatan luas Swiss dalam administrasi,

kepercayaan, fondasi, dan perusahaan asing menjadi halangan besar untuk mencegah pengemplangan pajak serta aliran dana gelap. Pihak Kedutaan Swiss di Washington sendiri belum bisa dimintai tanggapan. Sebelumnya, otoritas AS terus mendesak bank-bank Swiss untuk memberi informasi mengenai aset-aset klien mereka yang berasal dari AS. Credit Suisse Group AG mengatakan masalah tersebut tengah diinvestigasi sejak musim panas ini. UBS AG pada 2009 harus membayar US$780 juta untuk

menghentikan investigasi Departemen Kehakiman AS. AS sendiri menduduki peringkat kelima dari negara-negara yang menutup rapat rahasia finansial nasabah setelah pada 2009 berada pada peringkat pertama, menurut laporan itu. AS berada di bawah Swiss, Kepulauan Cayman, Luksemburg, dan Hong Kong. “Kerahasiaan finansial yang diberikan AS telah menyebabkan kerusakan terhadap warga biasa di negara lain, yang kalangan elitenya menggunakan AS sebagai tempat menyimpan harta rampokan,� tulis laporan itu. (*/Reuters/E-3)


20

C ORPORATE NEWS

RABU, 5 OKTOBER 2011

SEKILAS INFO BII Jalin Kerja Sama dengan Era

BANK ISLAM TERBAIK: Dirut Bank Syariah Mandiri (BSM) Yuslam Fauzi (kiri) menerima penghargaan dari majalah Asiamoney/ Euromoney untuk kategori the best Islamic bank in Indonesia yang diserahkan Editor Asiamoney Richard Morrow di Hong Kong, akhir pekan lalu. BSM merupakan bank Islam pertama di Indonesia yang menerima penghargaan tersebut.

DOK BII

DIREKTUR Perbankan Konsumer BII Stephen Liestyo (kedua dari kiri) bertukar sertifikat dengan Presiden Direktur ERA Indonesia Darmadi Darmawangsa (kedua dari kanan)didampingi Direktur ERA Indonesia Aan Andriani Sutrisno dan Secured Loan Head BII Djojo Boentoro, seusai penandatanganan kerja sama penyediaan produk KPR BII di Jakarta, beberapa waktu lalu. Penandatanganan ini sebagai bentuk keseriusan BII dalam pemberian fasilitas kredit pemilikan rumah. BII telah bekerja sama dalam pembiayaan fasilitas kredit pemilikan rumah (KPR) dengan ERA Indonesia sejak Desember 1999. Peningkatan program kerja sama hingga Juni 2012 tersebut untuk meningkatkan pembiayaan KPR BII, khususnya pada pasar sekunder. (Sas/E-2)

ANTARA/SITI

Russian Railways Siap Garap Rel KA Kalimantan Proyek rel KA ini bisa menjadi salah satu kontrak internasional terbesar yang pernah dilakukan perusahaan Rusia tersebut. AHMAD PUNTO

P

ERUSAHAAN kereta api Rusia, Russian Railways menegaskan telah mempersiapkan proyek pembangunan jalur kereta api dan infrastruktur pendukungnya di Kalimantan. Dana sebesar US$2 miliar atau sekitar Rp18 triliun untuk mendanai proyek tersebut siap dikucurkan dalam bentuk pinjaman-pinjaman dari beberapa bank internasional berskala besar. Demikian diungkapkan Presiden Russian Railways Vladimir Yakunin dalam keterangan

pers yang diterima Media Indonesia, kemarin. “Selain itu, dana tambahan sebesar US$500 juta akan diperoleh dari investasi para investor swasta yang tertarik dengan proyek ini karena memiliki kepentingan strategis atau finansial,” jelas Vladimir. Menurutnya, proyek tersebut sudah disepakati sejak pertengahan 2010, setelah diperkenal kan dalam forum bisnis di Moskow yang diselenggarakan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Dalam proyek itu, Russian Railways akan membangun jalur KA dan infrastruktur terkait untuk menghubung-

Kredit Ringan Dorong Penjualan Honda PENJUALAN mobil Honda di Indonesia sepanjang September 2011 naik 6% menjadi 4.887 unit ketimbang Agustus yang sebesar 4.600 unit. Kenaikan itu seiring dengan digelarnya program pemasaran yang menawarkan pilihan kredit ringan. Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy menyatakan program Saatnya Punya Honda mampu mendorong penjualan dua model andalan, Jazz dan Freed. Melalui program tersebut, konsumen dapat lebih mudah memiliki mobil Honda dengan berbagai pilihan kredit ringan yang dapat disesuaikan dengan kondisi. “Program tersebut mendapatkan tanggapan yang positif dari konsumen dan ke depannya akan kami lanjutkan dengan memberikan tambahan nilai dan keuntungan untuk konsumen,” ujar Jonfis di Jakarta, kemarin. Ia menuturkan, seluruh varian Honda membukukan peningkatan penjualan. Dengan demikian, total penjualan Honda sampai September 2011 mencapai 36.294 unit. Menurut dia, di segmen MPV, Honda Freed mencetak pertumbuhan penjualan tertinggi di antara seluruh model Honda, yakni 63%, menjadi 1.080 unit dari bulan sebelumnya yang terjual 663 unit. Akumulasi penjualan Freed

mencapai 7.340 unit. Adapun MPV premium, All New Honda Odyssey, mencatat penjualan sebanyak 170 unit selama 2011. Khusus pada September, tambah Jonfis, penjualan Odyssey mencapai 10 unit.

Ke depannya akan kami lanjutkan dengan memberikan tambahan nilai dan keuntungan untuk konsumen.” Jonfis Fandy Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT HPM Dia melanjutkan, Jazz tetap menjadi penyumbang terbesar penjualan Honda dengan kontribusi 43,54% dari total penjualan September. Volumenya mencapai 2.128 unit, meningkat jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang hanya tercatat 2.077 unit. “Sepanjang tahun ini, Jazz terjual 15.695 unit di seluruh Indonesia,” ungkap Jonfis. Di segmen SUV, CR-V yang terjual sebanyak 1.269 unit sehingga total penjualan mencapai 9.119 unit. Adapun di segmen sedan, imbuh Jonfis, City mencetak penjualan 1.635 unit sepanjang tahun ini. Sepanjang September, City terjual 20 unit. (Ant/E-1)

kan daerah-daerah di utara Provinsi Kalimantan Tengah dengan pantai timur Pulau Kalimantan. Panjang jalur KA ini mencapai kira-kira 300 kilometer. “Proyek ini diimplementasikan berdasarkan prinsip-prinsip ekuator, yang berpegang teguh dengan kriteria-kriteria sosial-ekologi yang tegas, yang dianut bank-bank internasional yang bergiat di bidang investasi proyek,” paparnya. Selain itu, perhatian khusus dicurahkan pada perlindungan terhadap kawasan hutan lindung tropis serta komitmen sosial untuk mendidik dan merekrut penduduk setempat. Russian Railways, lanjut Vladimir, saat ini tengah mempersiapkan kesepakatan proyek di tingkat antarpemerintah dan merampungkan spesifikasinya.

Secara nilai, proyek ini bisa menjadi salah satu kontrak internasional terbesar yang pernah dilakukan perusahaan itu. Vladimir menyebut realisasi proyek infrastruktur berskala besar seperti ini membutuhkan dukungan pemerintah kedua negara. “Pada pertemuan yang diadakan, pihak Indonesia telah menyatakan kesiapannya untuk mendukung dan memfasilitasi proyek ini secara penuh.” Polemik Sebelumnya, rencana pembangunan rel KA di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur itu ramai menuai polemik. Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang dengan tegas menolak proyek tersebut dengan dalih akan merusak

hutan lindung dan menyebabkan banjir. Ia bahkan akan meletakkan jabatan bila itu dipaksakan. Namun, Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan proyek yang merupakan proyek public private partnership atau kerja sama pemerintah dan swasta (KPS) itu sudah menyesuaikan dengan tata ruang di dua wilayah tersebut. “Ini baru rencana. Bagaimana rencananya akan dicocokkan dengan tata ruangnya, bukan ujug-ujug babat alas,” tukas Hatta (Media Indonesia, 9/8) Menurut data Kementerian Perhubungan, investor yang sebelumnya menyatakan tertarik dengan proyek itu tidak hanya dari Rusia, tapi juga dari China, India, dan Inggris. (*/E-4) punto@mediaindonesia.com

Lippo Cikarang Luncurkan Residensial Florencia 3

DOK LIPPO CIKARANG

PRESIDEN Direktur PT Lippo Cikarang Tbk Meow Chong Loh (kiri) berbincang dengan Residential Sales & Marketing Division Head Syukurman Larosa saat peluncuran produk residensial Florencia 3 di kawasan Lippo Cikarang, Bekasi, akhir pekan lalu. Florencia 3 merupakan salah satu dari total 12 cluster residensial yang berlokasi di Mega Cluster Elysium Residence (126 hektare) yang pengembangan keseluruhannya direncanakan hingga 2014. Florencia adalah cluster keenam yang dikembangkan dalam tiga tahap. Florencia 3 yang terdiri dari 89 unit dilepas dengan harga sekitar Rp660 juta. Kenaikan harganya cukup signifikan dari dua tahap sebelumnya yang diluncurkan dengan harga Rp400 jutaan untuk tahap 1 dan Rp500 jutaan untuk tahap 2. (Sas/E-2)

Midea Luncurkan Mesin Cuci Himalaya

Indosat Gandeng Ericsson Kembangkan Mobile Advertising PT Indosat Tbk menggandeng perusahaan telepon seluler Ericsson mengembangkan Indosat Mobile Off Portal Advertising. Ini merupakan channel terbaru di bidang layanan mobile advertising. Indosat menjadi operator pertama di Indonesia yang menghadirkan layanan tersebut. “Untuk mewujudkan komitmen yang fokus pada pelanggan, kami tidak hanya menghadirkan layanan berkualitas, tapi juga inovasi dan nilai lebih,” ujar Presiden Direktur dan CEO Indosat Harry Sasongko seusai peluncuran produk terbaru tersebut di Jakarta, kemarin. Ia menambahkan, perseroan menggelontorkan investasi hingga US$5 juta untuk pengembangan layanan tersebut. Hal itu dilakukan demi menggaet kue iklan yang lebih besar di segmen perangkat bergerak seperti telepon seluler dan komputer tablet. Mobile Off Portal Advertising juga diharapkan bisa menjawab kebutuhan sekaligus memberikan benefit bagi pemasang iklan maupun pelanggan. “Dengan channel layanan terbaru ini, kami targetkan bisa menggaet pengiklan, termasuk pengiklan global,” ujar Harry. Pada kesempatan sama, Presiden Direktur Ericsson Indonesia Mats V Otterstedt menyatakan bangga bisa menjadi bagian penting dalam

MI/ADAM DWI

MODEL berdiri di samping mesin cuci Midea Himalaya, saat peluncuran produk tersebut di Jakarta, kemarin. Midea Electronics Indonesia (MEI) meluncurkan seri Himalaya, mesin cuci tipe front loading dengan desain mewah dan teknologi mutakhir yang mengutamakan kenyamanan mencuci, di antaranya Ag+ sterilization, fog and atoming spray function, 100% drying, inverter motor, dan fitur lainnya. Saat ini, Midea menguasai rantai produksi terbesar dan terlengkap untuk kelompok AC, lemari es, microwave oven, peralatan rumah tangga kecil, dan perlengkapan dapur di China. (Sas/E-2)

ANTARA/HO

KERJA SAMA INDOSAT: Presdir & CEO Indosat Harry Sasongko (kanan) berbincang dengan President Director Ericsson Mats V Otterstedt, saat mencoba layanan Indosat Mobile Off Advertising Portal di Jakarta, kemarin. memperkenalkan inovasi baru layanan mobile advertising di Indonesia. Menurutnya, seiring dengan makin meningkatnya orang dan perangkat yang terkoneksi, operator akan semakin memainkan peranan penting dalam mendukung suksesnya layanan telekomunikasi menuju era masyarakat berjejaring (networked society). “Dengan kerja sama ini, kami berharap dapat meningkatkan lagi akses menuju inovasi baru lainnya, seperti multiscreen TV, application stores, dan lainnya,” ungkap Mats. Dalam aplikasinya nanti,

Indosat Mobile Off Portal Advertising akan menampilkan iklan di bagian atas dan bawah portal yang ditampilkan dengan dukungan jaringan yang dimiliki operator. Iklan ini dapat dilihat pengguna saat berselancar di portal bergerak melalui ponsel, komputer tablet, netbook atau notebook. Indosat telah menghadirkan layanan mobile advertising sejak 2008 dengan merek i-iklan. Perusahaan itu saat ini telah memiliki sebanyak 20 channel untuk layanan mobile advertising dan telah dimanfaatkan oleh lebih dari 300 mitra tepercaya. (*/E-2)


P OP RISET

RABU, 5 OKTOBER 2011

di Laboratorium Salk’s Regulatory Biology, yang memimpin penelitian bersama Luciano DiTacchio, peneliti pascadoktoral. “Kita kira-kira tahu mekanisme seperti apa yang memerintah tubuh untuk istirahat di malam hari, tapi tidak tahu apa yang mengaktifkan kita lagi di pagi hari. Dengan penemuan ini, kita dapat menjelajahi lebih dalam bagaimana jam biologis kita mengalami kegagalan saat kita semakin tua dan mulai menderita penyakit kronis.”

DOK/SXC.HU

ISTIRAHAT: Peneliti di Amerika Serikat telah mengidentifikasi gen yang membuat tubuh setiap pagi dapat memulai irama biologisnya dari kondisi istirahat.

Gen Pembangkit Biologis di Pagi Hari

Penemuan cara kerja gen ini membantu menyingkap penyakit gangguan tidur dan beberapa penyakit kronis. Ke depan, temuan ini bisa menggiring pada terapi baru untuk mengatasi penyakit tersebut. DIAN PALUPI

P

ERNAH bertanyatanya kenapa kita bisa bangun pagi bahkan terkadang tanpa bantuan alarm jam yang berisik? Para peneliti di Salk Institute for Biological Studies, California, Amerika Serikat, telah mengidentifikasi komponen baru dari jam biologis manusia, yakni gen yang membuat tubuh dapat memulai irama biologisnya dari kondisi istirahat, setiap pagi. Jam biologis meningkatkan

metabolisme tubuh setiap pagi hari dan menginisiasi fungsifungsi fisiologis yang memerintah tubuh untuk bangkit. Penemuan gen baru ini dan mekanismenya dapat membantu menjelaskan dasar-dasar genetik penyakit gangguan tidur, penuaan, dan penyakit kronis, seperti kanker dan diabetes, sehingga kelak dapat menggiring kepada terapi baru untuk penyakit-penyakit tersebut. “Tubuh pada dasarnya adalah sebuah koleksi jam,” kata Satchidananda Panda, profesor

Mekanisme Penemuan ini mengisi missing link dalam mekanisme molekuler yang mengontrol siklus bangun tidur kita seharihari. Pemain sentral jam biologis kita adalah protein yang disebut ‘periode’ (per). Jumlah per dalam setiap sel kita naik dan turun setiap 24 jam. Sel-sel tubuh menggunakan tingkat per sebagai indikator waktu dalam sehari dan memerintahkan tubuh kita ketika tidur atau terjaga. Dua gen bernama clock dan Bmal1 juga berfungsi sebagai driver utama untuk meningkatkan per. Per meningkat selama siang hari, lalu mencapai puncaknya sekitar sore hari, dan mengurangi kadarnya sendiri pada malam hari. Jatuhnya kadar per di malam hari menyebabkan sistem biologis kita melambat, tekanan darah menurun, detak jantung melambat, dan proses mental kita menurun. Setiap pagi, per akan meningkat lagi. Namun apa yang membuat clock dan Bmal1 dapat meningkatkan per lagi setiap pagi itu masih misteri. Tim riset lalu mengidentifikasi sejenis enzim yang dinamakan Jarid1a. Fungsinya sebagai terompet pemanggil molekuler pada sel dan organ supaya kembali bekerja setiap pagi. Dengan mempelajari mekanisme genetik yang mendasari ritme sirkadian (siklus 24 jam) dalam sel manusia, tikus, dan lalat buah, para peneliti menemukan bahwa Jarid1a diperlukan dalam siklus normal tubuh, baik pada tingkat sel maupun dalam perilaku sehari-hari suatu organisme. Panda beserta koleganya lalu menggali lebih dalam cara kerja molekul jam tubuh. Ternyata, setiap pagi, Jarid1a mengaktifkan kembali clock dan Bmal1 dengan cara melawan aksi pro-

21

tein yang bernama Hdac1. Tim menduga, per memerintahkan Hdac1 untuk menghentikan produksinya sendiri di malam hari. “Jarid1a memberi tahu itu untuk mengurangi tingkat produksi sehingga clock dan Bmal1 aktif kembali setiap pagi,” jelas Panda. Sekarang para ilmuwan paham mengapa kita otomatis bangun setiap hari dan dapat mengeksplorasi peran Jarid1a dalam gangguan tidur dan penyakit kronis sehingga memungkinkan untuk menggunakannya sebagai target untuk obat baru. Penyakit Berkaitan dengan usia, jam biologis akan menurun. Hal itu sering menyebabkan orang tua menderita kesulitan tidur. Ada juga bukti kuat bahwa pekerja sif seperti perawat dan petugas di ruang gawat darurat yang bekerja dengan sif panjang membuat waktu tidur dan terjaga mereka keluar dari siklus normal 24 jam. Ini membuat mereka berisiko lebih tinggi untuk penyakit tertentu. Jam biologis juga berperan dalam perkembangan penyakit, amat mungkin karena pengaruh siklus metabolisme tubuh. Siklus harian sel merupakan hal yang sangat penting untuk operasional normal mekanisme genetik yang mengontrol pertumbuhan dan pembelahan sel tumbuh, baik dalam perkembangan normal maupun dalam kanker. Mekanisme sel penyakit kronis lainnya seperti diabetes juga terkait dengan siklus metabolisme yang dikontrol jam biologis. Misalnya konversi gula menjadi lemak yang biasanya terjadi hanya pada waktu-waktu tertentu dalam sehari, sering berlangsung sepanjang hari dalam tubuh penderita diabetes. Itu menunjukkan jam tubuh telah kehilangan kendali. “Menjadi sehat dan awet muda datang dari kebiasaan tidur malam yang baik,” kata Panda. “Sekarang kita telah berhasil mengidentifikasi Jarid1a dalam mengaktifkan siklus harian kita. Kita memiliki cara baru untuk mengeksplorasi mengapa ritme sirkadian pada beberapa orang tampak salah dan mungkin menemukan cara baru untuk membantu mereka,” ucapnya. (Sciencedaily/M-3) dipi@mediaindonesia.com


22

F OKUS NU

RABU, 5 OKTOBER 2011

Pengusung D Modernisasi Batik dari Pesisir Utara

AKHMAD SAFUAN

UA pekan terakhir, batik menyedot perhatian lagi. Ti d a k h a n y a d i tingkat nasional, tapi juga masyarakat dunia. Yang pertama, gelaran dunia World Batik Summit 2011, yang berlangsung 28-30 September, di Jakarta. Tidak kurang dari 1.000 praktisi batik dalam negeri yang hadir. Dari mancanegara, ada 117 peserta asal 11 negara. Orang nomor satu di negeri ini, Susilo Bambang Yudhoyono, memberi perhatian besar pada acara tersebut. Ia hadir dan membuka kegiatan. Nyaris tanpa jeda, peringatan Hari Batik Nasional digelar Senin, 3 Oktober. Acara dipusatkan di Kota Pekalongan, Jawa Tengah, daerah yang

Pekalongan terus tumbuh sebagai produsen batik terkemuka di Tanah Air. Generasi muda pun sudah disiapkan untuk melanjutkan tongkat estafet.

PERAJIN: Perajin batik pekalongan sedang mengerjakan kerajinan batik di sebuah rumah industri batik pekalongan.

Tidak Goyah Ditinggal Hijrah PULUHAN tahun lalu, sejumlah kampung batik di Pekalongan pernah mendapat ujian besar. Booming batik membuat sejumlah pengusaha asal Jakarta memboyong para perajin dari daerah tersebut. Tidak banyak tangan terampil yang disisakan di kampung. Ibu Kota pun jadi memiliki kampung batik, yang tersebar di Karet, Kebayoran Lama, bahkan di Tanah Abang. Namun, kekuatan uang tidak membuat kampung batik hilang dari Pekalongan. Pengusaha hanya mampu menggandeng pembatik pria. Kaum perempuan menolak pergi karena mereka harus mengurusi sawah dan keluarga. Geliat batik di pesisir utara itu pun tetap berdenyut. Beberapa tahun kemudian, pembatik asal Kerapyak dan Pasir Siri jadi incaran pemodal dari Malaysia. Dengan imingiming kesejahteraan yang lebih baik, ribuan pembatik asal dua kampung itu akhirnya hijrah ke negeri jiran tersebut. Batik dan Pekalongan memang sering didera masalah. Namun, keduanya tetap teguh.

Gelombang cobaan juga tidak mampu menghilangkan keberadaan kampung batik di daerah itu. Sekarang, setidaknya ada empat kampung batik yang juga mengemban nama kampung wisata di Pekalongan, yakni Kampung Batik Kauman, Pasindon, Medono, dan Kampung Batik Wiradesa. Setiap kampung punya ciri khas, kiprah, dan sejarah tersendiri. Kauman tercatat sebagai yang tertua. Di sana batik sudah digeluti turun-temurun hingga empat generasi. Kauman sudah berdenyut dengan goresan canting sejak abad ke-18. Dari batik tulis yang dikerjakan di rumah-rumah, Kauman juga menghadirkan batik cap, dan terakhir, printing. Kampung Kauman, yang mempunyai luas 11 hektare, berada di jantung Kota Pekalongan. Saat ini tercatat ada 52 pengusaha kecil hingga besar, dengan pekerja dan perajin mencapai sekitar 700 orang. “Dulu, jumlah pengusaha di Kauman mencapai 100 orang. Sekarang, karena situasi ekonomi, hanya setengahnya yang

bertahan,” kata sesepuh Kampung Batik Kauman Fatchur Rachman Noor. Jutaan rupiah Pemilik usaha batik Nulaba itu mengakui keberlangsungan batik sangat dipengaruhi produk impor. Bahkan 90% kebutuhan bahan batik berasal dari luar negeri, mulai dari benang, mori, malam, pewarna, hingga obat batik. Sebagai kampung batik teramai, Kauman juga harus pandai mengatur harga produknya. Tujuannya, tidak ditinggalkan para pembeli. Untuk itu, Faruk Hasan, pemilik galeri Mufti, memasang harga kompromi Rp100 ribuRp400 ribu per potong untuk batik cap. Hanya, untuk batik tulis, ia terpaksa mematok dengan harga mencapai jutaan rupiah per lembar. “Tergantung motif, bahan dasar, dan ketelitian yang harus dilakoni pembuatnya. Satu potong batik tulis dikerjakan hingga dua minggu,” tandasnya. Potret kampung batik pekalongan lainnya ada di Pesindon. Jaraknya hanya sekitar

200 meter dari Kauman. Untuk keluar dan masuk kampung tersebut hanya ada satu jalan selebar 3 meter. Berbeda dengan tiga kampung batik lain, di Pesindon banyak pengusaha yang sudah melebarkan sayap ke luar Pekalongan. Selain di kampung sendiri, mereka juga membuka galeri di sejumlah kota besar. “Membuka galeri di luar kota membuat kami mampu bertahan, bahkan mengembangkan usaha lebih baik,” kata Dirham, 35, pengusaha dari Pesindon. Pengusaha di Kampung Batik Medono mengembangkan diri dengan tidak hanya memproduksi batik. Mereka juga menggeluti pembuatan kain tenun, sarung palekat, juga produksi canting. “Penjualan kami masih didominasi batik. Tapi tidak ada salahnya jika kami juga berusaha menambah keuntungan dengan memproduksi kerajinan, pakaian, serta kebutuhan lain,” ungkap Cecep, pengusaha batik. Di Wiradesa, hal serupa juga berlaku. Batik dan kerajinan rumah tangga produksi ta-

ngan warga desa dipampang di banyak galeri. Bahkan, ada celana berbahan jins dipasang mencolok di banyak rumah pamer. (AS/N-2)

punya tradisi panjang tentang perbatikan. Kali ini Ibu Negara Ani Yudhoyono yang melangkah ke daerah di pesisir pantai utara Jawa itu. Pemilihan Pekalongan jelas bukan tanpa alasan. Kota tekstil ini merupakan salah satu galeri batik di Indonesia. “Pekalongan adalah simbol modernisasi batik. Para seniman dan perajin batik berani berinovasi, bahkan melawan pakem batik yang banyak diproduksi di Yogyakarta dan Surakarta,” ungkap Wali Kota Pekalongan Basyir Ahmad, awal pekan ini. Perlawanan terhadap pakem dilakukan melalui warna dan corak produk batik. Hasilnya lebih dinamis dan mudah masuk ke berbagai suku dan bangsa. Namun, inovasi dari Pekalongan bukan sekadar perla-


USANTARA wanan terhadap pakem. Ada sejarah panjang yang mela tarinya, karena batik daerah ini sudah mendapat pengaruh seni tekstil dunia. Ada warna India, Eropa, China, dan Afrika yang diserap. Sesuai dengan pakem, batik jawa hanya didominasi oleh warna hitam, putih, dan cokelat. Coraknya juga terbatas pada sido wirasat, sidomukti, parangkusumo, truntum, kawung, sidomulyo, semen rante, wahyu temurun, sido asih, bondhet, juga sekar jagat. Seniman batik pekalongan Haris Riadi menyebut batik pekalongan berani tampil tanpa dominasi warna tertentu. Ada penggunaan merah, hijau, biru, kuning, dan ungu, selain hitam, putih, dan cokelat. Corak Pekalongan juga tampil dengan bunga sepatu yang diadaptasi dari Eropa,

RABU, 5 OKTOBER 2011

warna emas dari China dan India, atau corak flora dan fauna. “Kain mori memang masih jadi bahan utama. Tapi, seniman batik pekalongan juga mengambil langkah berani dengan memakai kain sutra, jins, bahkan tenun dan songket,” ungkap Haris. Pekalongan berarti keberanian keluar dari pakem, tampil dengan warna cerah menyegarkan mata. Motifnya juga terang benderang berupa burung, kupu-kupu, ataupun kembang. Dengan gayanya itu, batik dari pesisir utara ini bisa mudah diterima mata. Batik corak parangkusumo, parangrusak, bahkan kawung, oleh Pekalongan tidak dibiarkan begitu saja. Dirombak dengan menambah warna baru, selain hitam dan cokelat. Corak pun tidak muncul dominan karena

disisipi gambar kupu-kupu, kuda, bunga, yang dengan rasa seni dinilai bisa cocok. Hal itu sangat berbeda dengan batik asal Yogyakarta dan Solo. Batik selalu dilukis dengan simbol dan mencitrakan suasana yang magis. Alhasil, ada kasta bagi pemakainya. Regenerasi Di tangan Basyir Ahmad, Pekalongan didorong menjadi serambi batik dunia. Batik diproyeksikan tidak hanya berjaya di pasar dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Sebagai galeri tekstil dunia, sejak lima tahun terakhir Kota Pekalongan terus melakukan berbagai pembenahan. Ada upaya untuk mengangkat batik pekalongan, mulai dari pembinaan perajin hingga mendorong terjadinya regenerasi pembatik.

Menyiapkan pewaris dilakukan dengan menerapkan kurikulum batik, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah lanjutan tingkat atas. Pemerintah kota juga mendorong dibukanya program studi batik di Universitas Pekalongan.

Corak Pekalongan juga tampil dengan bunga sepatu yang diadaptasi dari Eropa, warna emas dari China dan India, atau corak flora dan fauna.” Pekalongan makin moncer dengan selesainya pembangunan museum batik terlengkap di Indonesia. Di sana tersimpan aneka batik kuno yang sudah berusia ratusan tahun. Sebagai

sarana belajar, museum juga menyimpan banyak literatur batik zaman baheula, sebagai bahan kajian pengembangan batik masa depan. Museum tersebut menyimpan tidak kurang dari 1.000 koleksi batik kuno dan modern. Kain berasal dari sumbangan banyak tokoh pecinta batik di Indonesia. Jenisnya juga beragam, mulai dari kontemporer hingga tradisional dan batik pesisir. Batik di Museum Batik Pekalongan tidak melulu dari daerah sendiri. Tersimpan juga batik yang dipengaruhi Keraton Solo, Yogyakarta, Tegal, Pekalongan, Rembang, dan Lasem. Berbagai kota Beragam upaya itu tentu saja belum cukup untuk melestarikan sekaligus membuat nama

batik pekalongan terus bersinar. Pemasaran menjadi kata kunci dan tuntutan terbesar. Untuk yang satu ini, pasar dan grosir batik terus dibangun di Pekalongan. Sekarang ini ada nama besar grosir batik seperti grosir Sentono, Gamer, Pantura, Wiradesa, dan Banjarsari. Ada juga ratusan art shop dan butik batik yang tumbuh bak jamur di musim penghujan. Tidak cukup jadi penguasa di kampung sendiri, banyak juga gerai batik pekalongan berdiri di kota-kota besar seperti di Tanah Abang, Jakarta, Braga, Bandung, Yogyakarta, Klewer, Solo, dan Bali. “Pasar batik Pekalongan tidak hanya merata di dalam negeri. Sejumlah pengusaha sudah berhasil memasarkannya di Eropa, Amerika, Afrika, dan Australia,” kata Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia-Peka-

longan Anies Soengkar. Dinas Perindustrian Perdagangan dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Pekalongan mencatat hingga akhir Agustus 2011, nilai ekspor batik mencapai US$846.893,30. Kain batik yang dikirim mencapai 104.925 kilogram. Batik adalah urat nadi kehidupan warga Pekalongan. Seperti diungkapkan Basyir Ahmad, dari sekitar 150 ribu warga kota, 60%-nya adalah perajin batik. “Karena itu kami mengerahkan segala daya upaya untuk terus mengembangkan banyak hal yang berhubungan dengan batik. Sejak usia dini, warga dibina mengenai batik sehingga usaha ini bisa terus berlanjut,” tegasnya. (N-2) achmad_sapuan @mediaindonesia.com

Menyusutnya Usaha Canting Pekalongan

W

ARGA di Kampung Kauripan, Kota Pekalongan, tampak sibuk siang itu. Sebagian besar perempuan sibuk membatik motif pesisiran. Wajah mereka tampak serius saat membubuhkan malam (lilin) ke gambar di atas kain katun. Tangan mereka begitu terampil menggerakkan canting yang berisi malam cair nan panas. Di depan, tampak kompor yang di atasnya terdapat wajan berisi malam cair yang telah mendidih. Kampung Kauripan dikenal sebagai kampung para perajin batik pekalongan. Di kampung tersebut, ratusan orang bekerja sebagai perajin batik yang tumbuh subur di rumah-rumah. Apalagi sejak batik diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO, permintaan pasar terhadap batik pekalongan terus meningkat. Namun, warga di Kauripan tidak pernah lupa dengan jasa pembuat canting, yang menjadi salah satu alat penting dalam menciptakan batik. Canting merupakan alat untuk menuangkan malam ke motif gambar di dalam kain, sebelum diwarnai. Zainal Abidin merupakan salah satu perajin canting generasi kedua di Kampung Kauripan. Sekarang ini perajin canting sangat sulit ditemui di Kampung Kauripan. Dari sekian ratus rumah yang bergerak di sentra industri batik, tidak kurang 10 unit usaha saja yang bergerak di bidang pembuatan canting. Rata-rata satu unit usaha mempekerjakan 6 sampai 10 perajin, dengan gaji Rp30 ribu per hari. Dengan peralatan yang

sederhana, seperti gunting, tang, dan palu, beberapa perajin tampak sabar, teliti, dan tekun saat membentuk lempengan tembaga untuk dijadikan canting cap yang biasanya menampilkan motifmotif batik. Namun, ada beberapa produksinya untuk canting tulis yang berbentuk seperti cerek kecil. ‘’Untuk mahir menjadi perajin canting, diperlukan waktu belajar khusus selama 2 tahun sampai 3 tahun. Namun yang terpenting di sini adalah ketelitian,’’ kata Zainal Abidin, perajin yang telah menekuni usaha itu selama puluhan tahun. Menurutnya, untuk mendirikan dan menghidupkan usaha canting, ketangguhan dalam memasarkan produk diperlukan. ‘’Di samping itu, para perajin harus tekun dan teliti saat membuat canting. Konsumen maunya canting yang halus, pas, dan enak dipergunakan,’’ terang Zainal. Ia mengakui, kendala dalam bisnis canting ialah harga bahan dasar seperti tembaga dan kuningan yang sering tidak stabil. Akibatnya, para perajin canting sering kesulitan bila harga bahan dasar canting sedang naik. Untuk menghindari kelangkaan perajin canting, Pemerintah Kota Pekalongan terus-menerus mendidik perajin agar tetap bertahan. ‘’Bisa dikatakan saat ini hanya tersisa tiga unit usaha canting, sehingga kita lakukan pendidikan generasi muda untuk menggeluti usaha ini,’’ kata Wali Kota Pekalongan Basyir Ahmad. Menurutnya, kesuksesan batik hingga dikenal dan digemari masyarakat

HARI BATIK NASIONAL: Ibu Negara Ani Yudhoyono (kanan) meninjau stan UKM batik binaan Bank Rakyat Indonesia (BRI) pada Hari Batik Nasional 2011 di Lapangan Jetayu, Kota Pekalongan, Senin (3/10).

internasional tidak bisa lepas dari jasa perajin canting. Perajin batik tidak bisa membuat batik nan indah jika tidak didukung peralatan membatik yang memadai, di antaranya canting. ‘’Canting yang bagus, seperti motif seno atau liris, akan menciptakan batik yang indah pula,’’ tambahnya. Pemkot Pekalongan menargetkan setiap tahun akan lahir 100 perajin canting dari hasil pendidikan untuk generasi muda. Dengan semakin banyaknya perajin canting, bisnis batik pekalongan yang makin membesar tidak akan berhenti berproduksi karena didukung alat canting yang beragam. Sebelumnya, para perajin canting tulis di Kota Pekalongan sempat terpukul karena bahan baku pembuatan canting naik empat bulan lalu. Harga bahan baku canting yang naik antara lain tembaga, dari Rp118 ribu menjadi Rp129 ribu per kilogram. Arang, yang per karung Rp8.000, naik menjadi Rp28.000. Pun patri dari Rp120.000 menjadi Rp130.000 per kilogram. Harga bahan baku yang naik membuat para perajin kesulitan dalam memproduksi canting. Mereka memilih mengurangi produksi. Para pengusaha canting berasal dari masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Jadi, bila mereka kesulitan modal, jalan utamanya dengan mengurangi jumlah produksi. Nasib perajin canting memang tidak segemerlap bisnis batik yang kini kian membesar. Namun, tanpa canting, apalah artinya sebuah produk batik. (Akhmad Safuan/N-3)

ANTARA/YUDHA

PRODUK UNGGULAN: Pedagang batik pekalongan merapikan dagangannya pada salah satu stan pameran kain tradisional unggulan Nusantara, Adiwastra Nusantara 2011, di Jakarta, beberapa waktu lalu. MI/RAMDANI

GROSIR TERBESAR: Pasar Grosir Batik Sentono, Kota Pekalongan, yang merupakan grosir terbesar di pantura, menjadi tujuan wisatawan maupun para pedagang dari luar daerah.

MI/AKHMAD SAPUAN

MI/AKHMAD SAPUAN

Peradaban Mesir telah Mengenal Seni Lukis Lilin PERJALANAN batik pekalongan, yang juga bagian dari batik Indonesia, tidak lepas dari dukungan catatan sejarah. Saat ini koleksi batik di Museum Batik Pekalongan terus bertambah. Seni batik, berdasarkan literatur, mempunyai sejarah panjang dan tidak terlepas dari sejarah tekstil dunia. Tampaknya itulah yang mendorong seniman batik pekalongan menyerap seluruh bingkai altar seni dunia, serta tidak sungkan masuk ke berbagai kelas sosial. Dunia batik tidak pernah lepas dari teknik menggunakan lilin untuk menggambar dan mewarnai kain. Teknik itu sebetulnya bagian dari seni kuno yang sudah ada pada masa peradaban Mesir sejak abad ke-4 SM. Para arkeolog menemukan kain pembungkus mumi yang dilapisi lilin (malam) yang membentuk pola-pola. Di Asia, teknik membatik juga diterapkan di China semasa Dinasti Tang pada tahun

618-907, serta India dan Jepang periode Nara tahun 645-794. Di Afrika, teknik membatik juga dikembangkan suku Yoruba di Nigeria dan suku Wolof di Senegal. Di Indonesia, batik dipercaya sudah ada semenjak zaman Majapahit, dan populer akhir abad ke-18 atau awal abad ke-19. Pada masa itu, batik tulis cukup populer sampai awal abad ke-20, sedangkan batik cap baru dikenal setelah

Perang Dunia I sekitar tahun 1920-an. Belum ada literatur yang tepat tentang sejarah kehadiran batik di Jawa. Namun, menurut sejarawan GP Rouffaer, teknik batik mungkin diperkenalkan dari India atau Sri Lanka pada abad ke-6 atau ke-7, bersamaan dengan masuknya Hindu ke Nusantara. Namun, arkeolog Belanda JLA Brandes dan arkeolog Indonesia FA Sutjipto percaya bahwa tradisi batik adalah asli

23

dari daerah seperti Toraja, Flores, Halmahera, dan Papua yang tidak dipengaruhi oleh Hindui. Masyarakat sudah memiliki tradisi kuno membuat batik. Catatan lain GP Rouffaer mengungkapkan bahwa pola batik gringsing sudah dikenal sejak abad ke-12 di Kediri, Jawa Timur. Dia menyimpulkan, pola seperti itu hanya bisa dibentuk dengan mengguna-

kan alat canting. Canting pun sudah ditemukan di Jawa pada masa tersebut. Detail ukiran kain yang menyerupai pola batik juga ditemukan pada arca Prajnaparamita (dewi kebijaksanaan Buddha) dari Jawa Timur pada abad ke-13. Pakaian yang dikenakan menampilkan pola sulur tumbuhan dan kembang-kembang rumit mirip pola batik tradisional Jawa. Pola batik tradisional yang rumit hanya bisa dibentuk dengan memakai canting yang sudah dikenal di Jawa sejak abad ke-12. Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia sejak lama. Perempuan-perempuan Jawa di masa lampau menjadikan keterampilan membatik sebagai mata pencaharian. Di masa lalu, pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif bagi perempuan, hingga kemudian ditemukan batik cap yang memungkinkan laki-laki masuk ke bidang ini. (AS/N-3)


24

KLASIFA

RABU, 5 OKTOBER 2011

Keindahan Pantai Pasir Putih Tanjung Bira, Sulsel

T

ANJUNG Bira dikenal dengan gugusan

telah tertata dengan rapih. Keindahan

pantai pasir putih yang memesona. Bukan

Tanjung Bira bahkan terkenal

hanya keindahan pasirnya, melainkan air

hingga ke mancanegara

diawali dari Kota Makassar ke Kota

Biasanya di kawasan wisata Tanjung Bira, angkutan

lautnya yang jernih sebagai tempat ideal

yang membuat

Bulukumba yang dapat ditempuh

umum hanya beroperasi hingga sore hari. Oleh karena

untuk berenang. Anda dapat melihat matahari terbit

berbagai turis asing

dengan angkutan umum. Kemudian

itu Anda harus kembali ke Kota Makassar sebelum

dan terbenam di Tajung Bira lengkap dengan kilau

memilih Tanjung Bira

dilanjutkan dari Kota Bulukumba ke

malam tiba dengan menggunakan mobil sewaan .

cahaya matahari yang akan membuat Anda berdecak

sebagai tempat untuk

kagum.

berlibur.

Tanjung Bira terletak di daerah ujung paling

200 km dari Kota Makassar dengan waktu perjalanan sekitar 3 jam. Perjalanan

Tanjung Bira dengan mikrolet. Jika Anda berangkat dari

Untuk menuju Tanjung

selatan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Kecamatan

Bira juga cukup mudah karena

Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba. Pantainya dan

hanya berjarak sekitar 40 km

termasuk ke dalam pantai pasir putih yang bersih dan

dari Kota Bulukumba atau

Bandara Hasanuddin, Anda dapat langsung menuju ke terminal Malengkeri, Kota Makassar dengan ILUSTRASI: JEFFRY

Telepon :

IKLAN KLASIFA

HUBUNGI KAMI

+62 21 5812 088, Ext. 1128 Shauma Ramadhan Kamil (Ramma) HP : 0815 1160 0081 Email : rammakamil@mediaindonesia.com

Indra Mahyudi HP : 0812 8999 517 Email : indra@mediaindonesia.com Simin HP : 0812 9415 739 Email : simin@mediaindonesia.com Desfrina (Dedes) HP : 0812 8178 941 Email : dedes@mediaindonesia.com

menggunakan taksi dan dilanjutkan dengan bus tujuan Bulukumba atau langsung ke Tanjung Bira.

Sementara biaya tiket masuk ke lokasi Pantai Tanjung Bira sebesar Rp5.000. Kawasan wisata Pantai Tanjung Bira juga sudah dilengkapi dengan ragam sarana seperti hotel, restoran, sarana telekomunikasi dan tempat penyewaan perlengkapan diving dan snorkling. (Sus/S-1)


K LASIFA

RABU, 5 OKTOBER 2011

INDEKOST

LOWONGAN

Ko s t 1 k m r b i s a 2 o r g , A C S p l i t , Ex.pan ,Lemari, S.Bed, Rak TV, 550rb/

Dibuthkan Operator cetak mesin GTO 52, 4 warna/berpnglamn. Hub. Jl. Kebayoran

bl. Jelambar Selatan 6 No.16, Rt.6/4. Telp. 33377792 - 70009996.

Lama No.34M. Telp. 021- 739 3813.

25

Mendaki Keindahan Puncak Gunung Sibayak

PERHIASAN KULIT ASLI STAR ARLOJI ,BELI JAM bks/berlian dgn hrgTgg Furniture,Car,Fashion,Promotion,Walet, Bag, Shoes,etc. Harco Elektronik Mangga Dua,Ruko Blok B No.2 Jakarta Tlp.612.8888

ROLEX,BULGARI,OMEGA,BREITLING,dll,Hub:Bp. TONY 392 9079,0812 9455 198 Apt MentengPrada Lt. 1 No.2J dpn St.Cikini (Dtg ke tmpt).

www.dhenigleather.com

MI/SUMARYANTO

B

AGI para pendaki gunung di daerah Sumatra Utara, Gunung Sibayak merupakan salah satu gunung favorit. Tidak mengherankan, pada hari-hari tertentu Gunung Sibayak selalu penuh dengan lautan manusia bersama lampu dan lilin yang bersinar di malam hari. Gunung Sibayak terletak sekitar 60 km dari Kota Medan, atau tepatnya di Desa Raja Berneh atau Desa Semangat Gunung, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Karo. Dari kota Medan, Gunung Sibayak dapat ditempuh dengan kendaraan umum dengan tarif bervariasi sekitar Rp3.000. Pendakian Gunung Sibayak juga tidak membutuhkan teknik khusus sehingga pendaki pemula dapat dengan mudah mencapai puncak dan

menikmati belerang dari awah Gunung Sibayak. Daerah tersebut juga menjadi daerah tujuan agrowisata yang cocok untuk bercocok tanam sayuran dan hortikultura. Terdapat beberapa titik pendakian menuju Gunung Sibayak seperti kawasan jalur Lima Empat yang berada pada posisi Km 54 dari Kota Medan. Perjalanan menuju puncak Gunung Sibayak ditempuh sekitar 3 jam. Di jalur Lima Empat, pendaki juga dapat menikmati Air Terjun Sikulikap yang memiliki ketinggian di atas 7 meter. Kemudian, terdapat juga jalur Simpang Doulu atau jalur tangga di Desa Semangat Gunung. Di jalur tersebut, perjalanan relatif lebih pendek sekitar 2 jam dengan menempuh jalur tangga. Di kawasan Doulu Anda akan menemukan lokasi pemandian air

panas yang berasal dari kawah Gunung Sibayak. Jalur lainnya ialah jalur pariwisata dari Kota Wisata Brastagi dengan waktu tempuh 4 jam, dan jalur dari Kecamatan Sibolangit yang membutuhkan waktu perjalanan tiga hari. Di puncak Gunung Sibayak, Anda dapat melihat pesona dan gugusan bebatuan serta kawah yang mengembuskan asap berbaubelerang. Selain puncak Gunung Sibayak, terdapat dua lokasi yang biasa dikunjungi wisatawan yakni Sibayak dan Sinabung. Kedua lokasi teresebut dikenal dengan panorama alam yang indah. Sedangkan di lokasi Sinabung, Anda juga akan menemukan danau air tawar yang juga memberikan keindahan yang eksotis dan menenangkan. (Sus/S-1)


26

O LAHRAGA

RABU, 5 OKTOBER 2011

Presiden Harus Serius Tegur Menpora Dengan waktu yang terlalu singkat, jelas tidak mudah mendapatkan barang dengan kualitas terbaik.

pendukung yang tidak kunjung beres. ‘’Saya sependapat dengan Anda. Tapi apa pun yang terjadi, SEAG tidak boleh diundur atau dibatalkan. Pertaruhannya terlalu mahal buat bangsa ini,” tegasnya. Kendati saat ini Inasoc mendapatkan keleluasaan untuk melakukan penunjukan langsung, nyatanya juga sulit untuk bergerak. Sebab dengan waktu yang terlalu singkat seperti ini jelas tidak mudah memperoleh barang dengan kualitas terbaik. Proses pemesanan hingga barang tiba plus pemasangan, membutuhkan waktu yang tidak sebentar. “Belum lagi untuk pemasangannya dan uji coba,” tambah sang petinggi Inasoc tersebut.

EKO SUPRIHATNO

A

NGGOTA Komisi X DPR Dedi Gumelar meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk bersikap serius menghadapi kondisi darurat SEA Games (SEAG) XXVI yang tinggal 38 hari lagi. Dengan sejumlah persoalan infrastruktur yang masih mengemuka, tidak ada alasan buat Presiden berdiam diri. “Setidaknya Presiden harus menegur Menpora agar bersikap lebih serius menghadapi masalah ini. Kami di DPR tidak tahu harus bersikap bagaimana lagi, karena kita seperti menghadapi pihak yang lebih suka menutup telinga rapat-rapat,” ujar Dedi di Jakarta, kemarin. Anggota Fraksi PDIP ini lagi-lagi menyoroti laporan banyak media massa yang mengkhawatirkan infrastruktur SEAG tidak selesai tepat waktu. “Jangan teriakan ini dianggap sebagai ganjalan untuk mematahkan semangat panitia SEAG, tidak sama sekali. Tapi kalau akhirnya sampai gagal terlaksana, yang malu bukan cuma Menpora atau Presiden, tapi kita sebagai bangsa,” tambah Miing, panggilan akrab Dedi. Itu sebabnya kalau memang dimungkinkan untuk dimundurkan, lebih baik dilakukan saja. “Kalau jadwal dimundurkan, tingkat memalukan-

ANTARA/NILA FU’ADI

PENYELESAIAN STADION: Seorang pekerja menyelesaikan pembangunan tribune penonton stadion atletik di kawasan Jakabaring Sport City Palembang, Sumatra Selatan, akhir pekan lalu. Stadion dengan nilai proyek Rp80 miliar tersebut merupakan salah satu yang terlambat selesai. nya tujuh poin, misalnya, dan pembatalan nilainya sembilan, lebih baik dimundurkan saja. Walau hal itu sama-sama memalukan,” tegasnya lagi. Bukan cuma Dedi yang mengaku khawatir dengan situasi seperti ini. Dari kalangan mantan atlet nasional pun mengungkapkan hal serupa. Menurut mantan petenis

nasional Wailan Walalangi, setidaknya pemerintah harus berani memutuskan menunda pelaksanaan SEAG satu bulan. ‘‘Jujur saja saya merasa khawatir dengan situasi seperti ini. Sebagai mantan atlet saya tahu persis kondisi begini memengaruhi mental,’’ tegas Wailan. Di sisi lain, ia melihat persiapan para atlet juga mem-

prihatinkan karena masih ada yang belum melakukan uji coba arena pertandingan. Kekhawatiran Dedi dan Wailan seperti menemukan pembenaran. Sebab kalangan internal di Indonesian SEA Games Organizing Committee (Inasoc) juga mengaku gamang dengan kondisi belum beresnya infrastruktur SEAG.

dali ada di tangan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Kami sudah laporkan situasinya dan tinggal mereka (Kemenpora) maunya bagaimana,” ujarnya di Jakarta, kemarin. Dia membenarkan berita yang dilansir Media Indonesia (2/10) bahwa SEAG dalam bahaya karena sejumlah infrastruktur

suprihatno@ mediaindonesia.com

Pecatur Uji Coba di Indonesia Open

SEKILAS GELANGGANG Jatim makin Kukuh di Puncak Klasemen Popnas

2.600 Personel Polda Amankan Indonesia-Qatar

KONTINGEN Provinsi Jawa Timur masih kukuh di puncak klasemen perolehan medali sementara ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XI di Pekanbaru, Riau. Sampai kemarin, Jatim belum tergeser dengan 23 medali emas, 16 perak, dan 20 perunggu. Atas pencapaian itu, Jatim berhasil meraup nilai prestasi 183. Posisi berikutnya ditempati Riau dengan 18 emas, 17 perak, dan 10 perunggu dengan total nilai 151. Posisi ketiga menjadi milik Jawa Barat dengan sembilan emas, 18 perak, dan 30 medali perunggu, dengan total nilai 129. Riau yang sempat diprotes karena menurunkan perenang pelatnas SEA Games XXVI, hanya menambah satu emas dari nomor 50 meter gaya dada putra atas nama Denis Tiwa Joshua. Ia mencatat waktu 30,08 detik, disusul Ignatius (Jateng) 31,22 detik, dan Wahyu Bagus (Jatim) 31,56 detik. (Ant/R-4)

AGAR insiden petasan pada pertandingan Pra-Piala Dunia saat menjamu Bahrain (6/9) tidak terulang lagi, Polda Metro Jaya berencana mengerahkan 2.600 aparat untuk mengamankan laga penyisihan Grup E PPD 2014 saat Indonesia melawan Qatar, Selasa (11/10). Demikian dikatakan Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Kombes Sujarno. Jumlah ini lebih banyak daripada yang diturunkan pada pertandingan melawan Bahrain, yakni 2.100 personel. “Di tribune atas itu ada 48 pintu, kita akan siapkan lima anggota Brimob di dalam dan lima anggota kepolisian di pintu masuk,” papar Sujarno, kemarin. Sterilisasi yang dilakukan aparat Polda Metro Jaya akan dilakukan 1 jam sebelum penonton memasuki stadion. “Selain itu, pedagang pun tidak akan diperbolehkan masuk ke stadion. Kita tidak memperbolehkan penonton membawa botol minuman mineral.“ (ED/R-4)

SEBANYAK 14 atlet pelatnas SEA Games 2011 akan terjun pada ajang catur internasional Indonesia Open Chess Championship yang pertama digelar PB Percasi. Turnamen itu menggunakan sistem Swiss sembilan babak dan akan berlangsung di Jakarta pada 12-19 Oktober. “Turnamen ini juga menjadi ajang uji coba bagi atlet pelatnas kami, selain untuk perbaikan elo rating bagi pecatur,” kata Ketua Umum PB Percasi Hashim Djojohadikusumo di Jakarta, kemarin. Turnamen itu memperebutkan total hadiah US$55.500 (sekitar Rp500 juta), dengan hadiah utama US$10 ribu. Atlet pelatnas yang akan mengikuti turnamen itu

Pembalap Belia Berpeluang di AKOC PEMBALAP belia Darma Mangkuluhur tetap berpeluang memburu poin tertinggi Kejuaraan Karting Terbuka Asia (AKOC) 2011 setelah menambah lima poin pada lomba putaran ketiga di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, akhir pekan lalu. Dengan hasil tersebut, ia kini berada di urutan kelima klasemen sementara AKOC. Pembalap berusia 13 tahun ini dalam persaingan dengan 22 pembalap dari berbagai negara, berada di urutan ketujuh babak final dan berhak atas tambahan lima poin. Pada putaran pertama AKOC di Makau, Juli lalu, Darma mendapat 20 poin setelah tampil tercepat pada babak prafinal. Kemudian pada putaran kedua di Sirkuit Carmone, Filipina, pada bulan yang sama, ia mendapat 11 poin. Kini total poin Darma menjadi 36 dan bertengger di urutan kelima klasemen sementara AKOC bersama Daim Bin Mishabudin dari Singapura. “Saya tetap akan berjuang untuk menambah angka pada dua putaran berikutnya,” kata Darma di Jakarta, kemarin. Ia bakal unjuk kemampuan di

Padahal saat ini waktu tinggal 38 hari menjelang pembukaan SEAG di Palembang, Sumatra Selatan. Ternyata masih ada 31 timer dan scoring board yang belum terpasang di sejumlah venue. Menurut seorang pejabat Inasoc, kondisi ini membuat pihaknya tidak bisa berbuat banyak. ‘’Sebab semua ken-

Perlengkapan belum ada Di sisi lain, sejumlah atlet pelatnas SEAG cabang atletik mengeluhkan kurangnya perlengkapan yang digunakan untuk latihan. “Hingga saat ini sepatu untuk lari belum diberikan, padahal SEAG akan berlangsung sebulan lagi,” keluh sprinter Indonesia asal Nusa Tenggara Barat Fadlin, seperti disitat Antara. Dia mengatakan sepatu lari yang digunakan untuk bertanding itu seharusnya diberikan sejak jauh-jauh hari. Tujuannya untuk menyesuaikan sepatu tanding dengan kaki. “Sampai saat ini masih menggunakan sepatu yang lama,” jelas dia. ‘’Apalagi lintasan atletik di Jakabaring belum rampung. Biasanya atlet sudah mulai latihan di lintasan itu sebulan sebelum pertandingan. Namun hingga saat ini, belum tahu kapan rampungnya.” (R-3)

DOK/PRIBADI

AKSI DARMA: Pembalap belia Darma Mangkuluhur sedang beraksi dalam ajang balapan di Sirkuit sentul, Jawa Barat, akhir pekan lalu. ia kini membidik posisi terhormat di tingkat Asia. Thailand pada 5-6 November dan Makau (8-11 Desember). “Saya mungkin sedang kurang beruntung dalam lomba di Sentul, karena kendaraan sulit melaju kencang,” tutur Darma lagi. Waktunya terpaut 22,682 detik

dari sang juara Yasuo Senna Iriawan (15:37,548) pada perlombaan di kelas F125 JR Terbuka sebanyak 18 putaran itu. Tommy Soeharto, ayahanda Darma, menambahkan, “Kendaraannya kurang mendukung.

Mungkin ada setting yang harus lebih mendukung untuk dapat melaju lebih kencang. Semoga di Bangkok dan Makau dapat berbuat lebih baik.” Di sisi lain, pembalap belia lainnya, Sean Gelael, mengatakan memiliki motivasi tinggi dengan kemenangannya di Kejuaraan Karting Terbuka Asia (AKOC) nomor 125 SR Terbuka, di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, menjelang perlombaan Piala Bridgestone di Lonato, Italia, pada 20-23 Oktober 2011. “Seminggu sebelum tampil di Sentul, saya berlomba di Italia, kemudian minggu depan kembali lagi ke Italia mengikuti perlombaan lainnya. Rasa lelah saya terobati dengan kemenangan dan saya merasa amat bersemangat dan memiliki motivasi tinggi untuk tampil di kejuaraan itu,” tandas Sean seperti disitat Antara. Sean tampil di AKOC Sentul hanya untuk meramaikan perlombaan karena ia tidak mengejar poin dalam kejuaraan yang musim ini berlangsung lima putaran itu. Pembalap berusia 14 tahun itu adalah juara bertahan AKOC 2010. (*/R-2)

antara lain GM Susanto Megaranto, GM Cerdas Barus, IM Tirta Chandra Purnama, GMW Irene Sukandar, Chelsie Monica, dan Medina Warda Aulia. Pecatur asing yang akan hadir ialah GM David Arutnian serta GM Levan Pantsulaia dari Georgia, dan GMW Gu Xiaobing dari China. Panitia juga mengundang GM Alexey Dreev (Rusia) dan GM Alexandr Fier (Brasil). Adapun dari tim dayung perahu naga Indonesia menyatakan siap tempur dan yakin dapat menyabet enam medali emas pada SEA Games XXVI yang akan digelar pada November 2011 di Situ Cipule, Kabupa ten Karawang, Jawa Barat.

MI/SUMARYANTO

Irene Sukandar Pecatur Indonesia “Semangat anak-anak sangat tinggi sehingga membuat kita merasa optimistis enam emas bisa dicapai,” ujar Zaenal Abidin, pelatih perahu naga Indonesia, di pelatnas Jatiluhur, kemarin. Tim perahu naga SEA Games telah terbentuk melalui seleksi yang ekstra ketat dengan

kekuatan 52 pedayung putra dan putri. Untuk membuktikan ambisi mereka itu, para pe dayung ‘Merah-Putih’ itu kini berlatih intensif tiga kali sehari, yakni pagi, siang, dan sore, baik di darat maupun di air. Perahu naga akan memperlombakan lima nomor, yakni perlombaan jarak 1.000 meter, 2.000 meter, dan 500 meter untuk 23 pedayung, serta jarak 1.000 meter dan 500 meter untuk 12 pedayung. “Di semua nomor kita berpeluang, dengan pengalaman meraih emas di Asian Games. Masak di SEA Games tidak bisa?” katanya bersemangat. Meski demikian, Zaenal mengakui harus mewaspadai Myanmar dan Filipina. (Ant/R-4)

Peserta Turnamen Garuda Protes Arena Pertandingan SEJUMLAH peserta uji pertandingan pada turnamen Garuda Indonesia Championships di Stadion Tenis Gelora Jakabaring, Palembang, Sumatra Selatan, 2-9 Oktober, mengeluhkan kondisi stadion. Para peserta menilai infrastruktur masih banyak yang kurang dan harus dilengkapi, terutama belum tersedianya kloset duduk dan air. Keluhan para peserta turnamen membuat supervisor ITF dari India, Nitin Kannanwar, kewalahan menjawab pertanyaan para peserta. Bahkan Ketua Umum PB Pelti Martina Wijaya dan Sekjen Subronto Laras yang hadir di tempat pertandingan harus turun tangan mengatasi keluhan peserta. “Kami sudah berkoordinasi dengan panitia setempat tiga bulan lalu, tapi ternyata banyak hal belum dikerjakan. Misalnya tempat buang air yang semestinya diganti dari jongkok menjadi duduk, ternyata sampai sekarang belum diganti,” tutur Martina. Martina sampai harus meng-

Kami sudah berkoordinasi dengan panitia setempat tiga bulan lalu, tapi ternyata banyak hal belum dikerjakan.” Martina Wijaya Ketua Umum PB Pelti hubungi sendiri direktur PT Bukit Asam untuk mengganti tempat buang air jongkok menjadi duduk. Hal itu disebabkan Stadion Tenis Gelora Jakabaring tersebut merupakan sumbangan dari PT Bukit Asam. Martina dan Subronto sempat emosi saat melihat banyaknya masalah yang muncul. Bahkan Subronto sempat memarahi petugas yang semestinya mengurusi hal itu. “Kami marah bukan kepada orangnya, tetapi ini semata-mata agar segalanya dapat berjalan lancar. Kami ingin Palembang sukses menyelenggarakan pertandingan cabang olahraga tenis pada SEA

Games (SEAG) nanti,” tegas Soebronto. Dia menjelaskan, pada turnamen-turnamen internasional ada standar yang harus dipenuhi menyangkut pelaksanaan pertandingan, semisal kamar mandi dan kamar ganti atlet. Pelti memiliki pengalaman buruk saat menggelar pertandingan Piala Davis melawan Kuwait di Solo, Jawa Tengah, beberapa tahun lalu. Waktu itu, Indonesia akhirnya didenda US$5.000 karena di kamar mandi pemain tidak tersedia pancuran air panas. Sesuai standar internasional untuk pertandingan Piala Davis harus ada pancuran air panas. “Waktu itu kami akan didenda US$12 ribu. Namun setelah kami jelaskan kondisi yang ada, dendanya dikurangi menjadi US$5.000,” imbuh Soebronto. Ketua KONI Sumsel Mudai Madang menyatakan memang masih banyak masalah terkait dengan persiapan SEAG. (Ant/R-2)


O LAHRAGA

RABU, 5 OKTOBER 2011

27

MI/SUSANTO

DIDEGRADASI: Pembalap sepeda Hong Kong Yeung Ying Hon (kiri) mengekspresikan kekecewaan karena merasa jalurnya menjelang finis dihalang-halangi pembalap Polygon Bambang Suryadi. Akibat kejadian itu, Bambang didegradasi.

Pembalap Indonesia Batal P Naik Podium

Selain skill dan pengalaman, satu hal lagi yang menjadi kelemahan kebanyakan pembalap sepeda Indonesia yakni kurang memahami peraturan. ROMMY K KARINDON

GRAFIS: EBET

Pembalap Moto-GP masih Khawatirkan Efek Radiasi MESKI penyelenggaraannya sudah usai dan juaranya sudah diketahui, bukan berarti para pembalap Moto-GP tenang. Mereka justru kini resah de ngan kemungkinan efek radiasi nuklir yang mereka derita setelah tampil di Moto-GP Jepang, Minggu (2/10) lalu. Pembalap Repsol Honda Dani Pedrosa, yang menjadi juara pada balapan di Sirkuit Motegi itu, bahkan terangterangan mengungkapkan keresahannya. ‘’Jauh sebelum balapan, semua orang memang sudah merasa takut,’’ kata

pembalap Spanyol tersebut. Hal senada diungkapkan juara dunia bertahan Jorge Lorenzo. Pembalap Yamaha itu mengaku mulai merasa ragu dengan masa depannya. ‘’Kami memang baik-baik saja. Tapi kita lihat saja beberapa tahun ke depan,’’ ujarnya. ‘’Kita bisa melihat semua orang sepertinya baik-baik saja dan normal. Tapi Anda tidak bisa melihat semuanya, karena ini sulit dilihat. Saya hanya berharap tahun depan, kondisinya akan semakin lebih bersih,’’ timpal pembalap Repsol Hon-

da lainnya, Casey Stoner. Kelangsungan Moto-GP memang sempat dipertanyakan. Itu setelah sejumlah pembalap mengancam akan memboikot balapan tersebut lantaran khawatir akan radiasi nuklir setelah terjadi gempa bumi dan tsunami di ‘Negeri Sakura’. Adapun dari ajang Formula Satu (F1), pihak Ferrari membantah telah memerintahkan Felipe Massa untuk menghancurkan pembalap McLaren Lewis Hamilton pada GP Singapura, dua pekan lalu. Menurut tim berlambang kuda

ELUANG pembalap lokal untuk menjadi yang terbaik pada lomba balap sepeda Speedy Tour de Indonesia (STdI) 2011 untuk sementara pupus. Pembalap Polygon Sweet Nice (PSN) Surabaya, Bambang Suryadi, batal naik podium meski finis di urutan pertama etape III lantaran terkena sanksi degradasi. ‘’Bambang dianggap menahan laju pembalap Hong Kong menjelang finis. Jadi ia mendapatkan sanksi relegation atau penurunan posisi,’’ kata wakil direktur perlombaan, Eva Chatarina, seusai balapan. Seperti diketahui, dalam balapan yang menempuh jarak 114,7 km dari Ciamis dan finis di depan Kantor Wali Kota Cirebon tersebut, Bambang sebenarnya finis di urutan pertama. Namun karena aksi zig-zagnya menjelang finis, ia pun terkena sanksi penu-

runan posisi. Alhasil podium pertama pun diserahkan kepada pembalap posisi dua, Yeung Ying Hon dari Hong Kong Team China. Ia finis dengan catatan waktu 2 jam, 44 menit, 06 detik. Pembalap Germany Wurtternberg Team, Christoph Springer, dan Shinichi Fukushima dari Terengganu Cycling Team berturut-turut finis di posisi kedua dan ketiga dengan waktu 02:44:07 dan 02:44:09 detik. Sebaliknya, Bambang harus puas dinyatakan sebagai pembalap yang finis di posisi keempat. Meski begitu, pembalap asal Probolinggo tersebut tetap menjadi yang terdepan untuk kategori pembalap nasional sehingga berhak menggunakan rompi merah putih. Di sisi lain, meski hanya finis di posisi ketiga, Shinichi sukses merebut rompi kuning dari tangan pembalap Hong Kong, Wong Kam Po. Ia unggul 3 detik atas Bambang yang berada di posisi kedua klasemen

jingrak itu, isu tersebut sangat tidak masuk akal. ‘’Memang betul, di tikungan ke-5 pada lap 11 pembalap Ferrari dan Hamilton masuk pitstop bersamaan. Tapi, setelah tidak ada tabrakan di antara keduanya,’’ tegas Ferrari seperti dikutip dari laman daring mereka. Sebelumnya, sejumlah surat kabar melaporkan bahwa beberapa saat sebelum insiden tersebut Massa mendapat instruksi melalui radio dari timnya untuk sebisa mungkin menghambat Hamilton. ‘’Tahan Hamilton sebisa mungkin. Hancurkan balapannya sebisa mungkin. Ayo,’’ kata race engineer Massa, Rob Smedley, via radio. (Autosport. com/Mln/R-2)

AKSI LORENZO: Pembalap Yamaha Jorge Lorenzo beraksi di sesi kualifikasi Moto-GP Jepang, Minggu (2/10) lalu. Setelah tampil di Jepang, Lorenzo dan para pembalap lain mulai khawatir dengan kemungkinan bahaya radiasi nuklir.

umum. Adapun rompi polkadot atau raja tanjakan dikuasai Yeung. Karena tidak ada trek sprint di etape ketiga, rompi hijau masih menjadi milik Jimmy Pranata. ‘’Saya pikir karena ia (Bambang) merasa terancam dengan keberadaan Yeung di belakangnya, ia berusaha menghalangi pembalap Hong Kong Team China itu dengan melakukan zig-zag. Tapi ini tidak boleh,’’ kata Eva lagi. Menurut dia, pada ajang balap sepeda ini banyak peraturan harus dipatuhi para pembalap. Salah satunya tidak boleh menghalang-halangi pembalap lain, terutama menjelang garis finis. Bisa terima Bambang sendiri mengaku kecewa dengan keputusan itu. Terlebih lagi karena ia tidak merasa menghalang-halangi pembalap lain. ‘’Kecewa jelas ada. Tapi mau gimana lagi. Ini sudah sebuah keputusan. Saat itu setelah melakukan break, saya tidak tahu ada pembalap di belakang saya. Jadi yang saya lakukan hanya mengayuh secepat mungkin,” kata Bambang.

Hal senada dilontarkan Manajer PSN Wawan Setyabudi. Menurut dia, kesalahan yang terjadi bukan hanya murni dari anak asuhnya. Meski demikian, pihaknya bisa menerima keputusan itu. Dalam balapan yang berlangsung dalam cuaca mendung itu, para pembalap tetap bersemangat meski akhirnya terpecah menjadi beberapa rombongan. Jalan-jalan yang dilalui cukup bagus. Sejak dilepas di Alun-Alun Ciamis, seluruh pembalap dari 19 tim langsung menggenjot sepeda mereka dengan cepat. Memasuki kilometer 10, para pembalap langsung menghadapi jalanan menanjak namun tidak begitu tinggi. Pada titik KOM (king of mountain) di Km 29,5, Yeung menjadi pembalap tercepat, disusul oleh Bambang dan Springer. Posisi itu bertahan sampai finis. Seusai jadwal, hari ini para pembalap akan melanjutkan perjuangan mereka di etape IV. Balapan tersebut menempuh jarak 157,7 km dari Tegal menuju Semarang. (R-3) rommykk @mediaindonesia.com

REUTERS/YURIKO NAKAO


O LAHRAGA MEDIA INDONESIA | RABU, 5 OKTOBER 2011 | HALAMAN 28

Les Bleus Dihantui Cedera Pemain Inggris hanya butuh hasil seri melawan Montenegro untuk lolos ke PolandiaUkraina. EKO RAHMAWANTO ELANG duel melawan Albania dalam lanjutan Euro 2012 Grup D, Sabtu (8/10), pelatih Prancis Laurent Blanc dibuat pusing dengan cederanya sejumlah pemain. Padahal, duel di Stade de France itu adalah laga penting bagi Les Bleus untuk mengamankan tiket ke Polandia-Ukraina. Prancis untuk sementara nangkring di posisi pertama dengan 16 poin dari tujuh laga atau unggul tiga poin dari Bosnia-Herzegovina di posisi kedua. Akan tetapi, tiket lolos belum pasti mereka kantongi. Untuk itu, juara Euro 2000 ini mesti melakoni dua partai lagi, selain menjamu Albania juga melawan Bosnia-Herzegovina. Dalam duel nanti, pemain yang dipastikan absen adalah playmaker Bayern Muenchen Franck Ribery, striker Real Madrid Karim Benzema, dan pemain PSG Blaise Matuidi. “Hasil pemindaian MRI menunjukkan bahwa ketiganya tidak bisa bermain di dua partai tersebut,” terang Federasi Sepak Bola Prancis (FFF). Sebelumnya Prancis sudah kehilangan sejumlah pemain pilar, di antaranya Philippe Mexes, Yoann Gourcuff, Abou Diaby, dan Guillaume Hoarau yang lebih dulu cedera. Di saatsaat terakhir, Blanc juga harus kehilangan Bacary Sagna, Eric Abidal, dan Laurent Koscielny. Dua nama terakhir, meski cedera, tetap dimasukkan Blanc ke 24 pemain tim yang dipersiapkan dalam laga nanti. “Inilah salah satu tugas pelatih timnas,” komentar Blanc saat ditanyai mengenai kondisi kebugaran para pemainnya. “Para pemain umumnya mendapatkan porsi latihan berat dengan pertandingan (klub) setiap tiga atau empat hari dan cedera otot bisa berlipat. Eric sangatlah penting buat kami. Saya sangat berharap ia akan bugar untuk bermain,” lanjutnya. Tiga poin atas Albania memang harga mati untuk men-

J

AP/JACQUES BRINON

ABSEN: (Dari kiri) Franck Ribery, Karim Benzema, dan Eric Abidal akan absen membela Prancis dalam lanjutan Euro 2012 Grup D di Stade de France, Paris, Sabtu (8/10). Ketiganya mengalami cedera. jamin Prancis tetap di posisi puncak sebelum laga kedua (11/10) melawan Bosnia. Bidik menang Pada pertandingan lainnya di Grup G, Inggris hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke putaran final tahun depan. Namun, arsitek the Three Lions Fabio Capello tidak mau memasang target imbang saat melawat ke Montenegro. Inggris masih memuncaki klasemen dengan poin 17 disusul Montenegro dengan selisih enam angka. Jika melihat statistik itu, duel di Podgorica bukan

hal mudah untuk Inggris. Pasalnya, Montenegro dipastikan bakal mati-matian untuk merebut poin guna mengamankan posisi dua yang memungkinkan mereka ikut play-off melawan runner-up grup lain guna merebut empat tiket sisa. Apalagi, Montenegro tak terkalahkan selama laga kandang. Saat bermain di Wembley pun, Inggris kesulitan menembus pertahanan tim asal negeri Balkan itu. Pertandingan akhirnya berakhir seri 0-0. Terlebih bek asal Manchester United Rio Ferdinand dan skipper Liverpool Steven Gerrard tak diikutser-

takan Capello karena cedera dalam duel nanti. Di sisi lain, Montenegero yang perkasa di kandang mengaku ngeri menghadapi duel nanti. Montenegro menganggap bisa mengalahkan Inggris sebagai hal yang mustahil. Pelatih anyar Montenegro Branko Brnovic meyakini Inggris akan tampil habis-habisan dalam laga ini, termasuk menurunkan Wayne Rooney yang tampil bersinar di Liga Primer. “Mereka akan datang untuk mengambil tiga poin, tapi saya berharap Wayne Rooney tak bermain,” kata Brnovic seperti

Timnas U-23 belum Maksimal SEBULAN jelang SEA Games XXVI/2011, tim nasional U-23 masih belum tampil maksimal. Dalam laga uji coba melawan tim Liga Super Semen Padang di Stadion Agus Salim yang merupakan kandang Semen Padang, pasukan Rahmad Darmawan itu bermain imbang 1-1 setelah tertinggal lebih dahulu lewat gol bunuh diri. Hasyim Kipauw-lah yang menceploskan bola ke gawang sendiri di menit 29. Ia sebetulnya berusaha menghalau bola muntah tendangan Edward Wilson. Namun, kemelut yang terjadi di depan mistar malah membuat Kipauw salah antisipasi sehingga bola malah masuk gawang sendiri. Di babak kedua, timnas lebih gencar melancarkan serangan. Namun baru di menit 77, Timnas U-23 menyamakan kedudukan lewat Titus Bonai. Pemain yang akrab disapa Tibo itu melakukan penetrasi dari sisi kanan pertahanan Semen Padang dan gagal dihentikan lini pertahanan tim asuhan Nil Maizar. Setelah melewati pertahanan Semen Padang, dengan leluasa Tibo menaklukkan kiper Semen Padang Syamsidar untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Skor itu bertahan hingga bubaran. Di pihak lain, timnas senior sedang mempersiapkan diri untuk uji tanding melawan

TOPSKOR

CETAK GOL: Striker timnas U-23 Titus Bonai mencetak gol balasan ke gawang Semen Padang untuk menyamakan kedudukan 1-1 dalam laga uji coba di Stadion Agus Salim, Padang. Arab Saudi, 7 Oktober mendatang. Dalam sesi latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), kemarin, skuat Garuda lebih fokus melatih kekompakan tim.

“Hari ini kami fokus ke soal kekompakan tim, skema permainan belum terlalu kami dalami,” kata kapten kedua Firman Utina seusai latihan. Asisten pelatih Liestiadi juga

menambahkan, timnya akan serius mempersiapkan diri melakoni uji coba melawan Arab Saudi ini. Pasalnya, gaya permainan mereka sama dengan Qatar yang akan dijamu di SUGBK dalam laga ketiga Pra-Piala Dunia putaran ketiga, 11 Oktober mendatang. “Arab Saudi merupakan lawan yang tepat untuk persiapan menghadapi Qatar karena tipe permainan mereka sama khas negara-negara Timur Tengah,” ujar Liestiadi. Dalam sesi latihan ketiga ini, duo Persipura Boaz Solossa dan Ricardo Salampessy masih belum terlihat bergabung di pemusatan latihan. Boaz dikabarkan masih berada di Sorong, sedangkan Ricardo masih di Jayapura, dan belum tahu kapan akan bergabung di bawah komando Wilhelmus Rijsbergen. Saat menanggapi hal ini, Penanggung Jawab Timnas Bernhard Limbong bakal memanggil mereka beserta perwakilan Persipura dan manajer timnas Ferry Kodrat untuk menjelaskan kondisi sebenarnya dari kedua pemain tersebut pada Jumat (7/10). “Kalau terbukti indisiplin, keduanya akan kita hukum dalam rangka pembinaan, bentuknya mungkin peringatan sampai sanksi skors minimal enam bulan dan denda minimal Rp100 juta,” tandas Limbong. (HA/R-4)

dilansir Daily Express. “Rooney pemain ajaib, salah satu yang terbaik di dunia. Akan menjadi misi mustahil menghentikan pemain sekelas dia.” Kubu Montenegro pun mulai realistis. Mereka hanya fokus mengincar runner-up grup agar lolos ke play-off. Bahkan, beberapa pemain mulai menyerah untuk lolos secara otomatis. “Prioritas kami kini hanya posisi runner-up. Itu sudah sangat bagus bagi kami. Itu target yang realistis,” kata bek Manchester City Stefan Savic. (R-2) eko@mediaindonesia.com

Masa Depan Tevez Ditentukan Jumat Selain skors, penyerang yang besar di Boca JuBENAR kata Roberto Mancini, karier Carlos Tevez di Manchester City amat mungkin akan niors itu juga tidak akan menerima gajinya sebeberakhir. Hal tersebut diketahui setelah tiga ang- sar 500 ribu pound (sekitar Rp6,8 miliar) hingga gota tim investigasi dari tim hukum the Citizens skors berakhir pada 12 Oktober mendatang. Dalam beberapa kesempatan, Tevez mengmenanyai pemain Argentina itu selama 80 menit aku tidak pernah mengatakan untuk menolak di kediamannya di Chesire, London, Inggris. Belum ada pernyataan resmi dari City me- bermain. Ia hanya menolak untuk melakukan pemanasan karena merasa sudah sering melangenai hasil pertemuan tersebut. Namun, koni hal tersebut. Ia juga menolak untuk media-media di Inggris menyebut pihak meminta maaf kepada Mancini karena klub memberi waktu hingga paling tidak merasa salah atas perbuatanlambat Jumat ini untuk memutuskan nya tersebut. nasib Tevez. Yang jelas, ia diperbo“Saya tidak akan meminta maaf lehkan pulang ke Argentina untuk kepada Mancini atas apa yang telah mengunjungi keluarganya selama masa saya lakukan. Saya hanya tidak skors dua minggu, terhitung awal mau pemanasan karena saya pekan ini. sudah sering melakukan Dalam investigasi terseitu,” kata Tevez, beberapa but, eks striker Manchester waktu lalu. United itu ditanyai perihal Mengenai kontroversi kesalahpahaman dengan ini, pihak manajemen Mancini ketika timnya juga telah menanyakan ke bertanding kontra Basebagian besar pemain yang berada yern Muenchen dalam di bangku cadangan ketika insiden fase Liga Champion, itu terjadi. Meski hasil investigasi tengah pekan lalu. baru keluar sekitar akhir pekan ini, Seusai laga, Mancini masa depan Tevez tampaknya suram menyatakan karier Tedi City. vez sudah habis karena Hal tersebut dikuatkan dengan kemenolak dimainkan sebajadian ketika City bertanding kontra gai pengganti Edin Dzeko. Blackburn Rovers, akhir pekan lalu. Mantan bos Inter Milan itu Nomor 32 yang biasanya dipungmenandaskan sikap tersebut gungi Tevez ternyata sudah dibetidak profesional, terlebih rikan ke kiper cadangan Costel setelah dirinya memberi izin Pantilimon. Para pendukung kepada pemain berusia 27 taAP City pun sudah memasang hun itu untuk memperpanjang spanduk ‘Tevez out’ di tribune masa libur dan absen di Com- Carlos Tevez Pemain Manchester City penonton. (Reuters/HA/R-1) munity Shield.


Media Indonesia