Issuu on Google+

PENYEGARAN TIMNAS U-23

MOTIF PRINT KIAN MENARIK

Timnas U-23 kembali berlatih di Stadion Krakatau Steel dengan membawa perubahan berarti. Hal itu telah terbukti dari hasil beberapa uji coba pertandingan.

Tren mode busana digital print terus berlanjut. Tekniknya semakin maju, mampu memanipulasi bentuk tubuh, menampilkan dekorasi yang rumit dan unik.

Sport, Hlm 6

Style, Hlm 13

Pemasangan Iklan & Customer Service: 021 5821303 No Bebas Pulsa: 08001990990 e-mail: cs@mediaindonesia.com Rp2.900/eks (di luar P. Jawa Rp3.100/eks) Rp67.000/bulan (di luar P.Jawa + ongkos kirim)

MI/ROMMY PUJIANTO

MI/RAMDANI

M I N G G U , 3 0 O K T O B E R 2 011 | N O .1118 8 | TA H U N X L I I | 2 4 H A L A M A N

Kemiskinan Terus Mengancam Ada dana bantuan sosial dipakai untuk sewa pesawat dan perjalanan ke luar negeri. TOSIANI

REUTERS/LEE JAE-WON

PENGARUH DARI KOREA: Grup musik Girls Generation tampil di Seoul, Korea Selatan, Senin (3/10). Boyband dan girlband asal Korea pun menginspirasi grup musik di Indonesia.

Memikat Mata, Mengabaikan Telinga PENGANTAR: Gelombang budaya Korea berwujud melalui maraknya boyband dan girlband. Warna musik riang, mengandalkan koreografi, ditunjang tata busana yang bling-bling membuat tren ini bergulir cepat. Berikut laporannya di halaman 1 dan 5. MUSIK Melayu sepertinya mulai layu. K-pop rasa Melayu kini jadi tren baru. Sekadar mengingatkan, boyband Smash yang dulu sempat dicemooh banyak orang kini diikuti banyak boyband juga girlband baru, misal S9B, 7 Icons, Dragon Boyz, Cherry Belle, Mickey, dan Miney. Awalnya tidak mudah bagi mereka menembus belantika musik Indonesia yang didominasi band-band warna Melayu. Namun, kerja keras manajemen dengan strategi membuat sesuatu yang baru dan menarik perhatian menjadikan mereka semakin diperhitungkan. Benny Zunair dan Syahmedi Dean boleh dibilang pelopor boyband K-pop di Indonesia. Merekalah yang melahirkan Smash dan dengan penuh keyakinan memoles personelnya hingga terkenal seperti sekarang. Kini Smash menjadi boyband dengan nilai kontrak tinggi, minimal Rp50 juta per satu kali manggung. Kini banyak pelahir baru boyband dan girlband yang tergabung dalam berbagai manajemen. Bahkan Ki Joko Bodo yang paranormal itu pun coba mengambil posisi tersebut. Kemampuan mengolah tubuh, bahkan gerakan akrobatik, memang membuat genre musik ini cepat mendapat tempat di hati remaja, dewasa hingga anak-anak. Meski sukses, sayang di antara boyband dan girlband itu banyak yang mengabaikan kebutuhan telinga para penikmat musik. Bahkan, banyak dari mereka yang hanya lompat-lompat di atas panggung, sedangkan suara hanyalah playback alias cuma lypsinc. Beberapa pemerhati musik meragukan kelanggengan jenis musik ini. Yang ada saat ini adalah fenomena sesaat akibat kepongahan atau sebaliknya ‘kepintaran’ pelaku industri musik mempromosikan genre ini. Menurut Maia Estianty, penyanyi yang dipercaya menjadi juri di salah satu ajang cari bakat boyband dan girlband, seharusnya kemampuan bermusik personel mereka sebagus kemasannya. “Mereka menyanyi kan dasarnya.” Apa pun penilaian orang tentang fenomena ini, tetap waktulah yang akan membuktikan eksistensi mereka. (Eri/M-1)

PAUSE

Kebiasaan Minum Air dan Tingkat Gula Darah MEMINUM air putih minimal setengah liter, atau sekitar dua gelas, setiap hari dapat membantu menormalkan kadar gula dalam darah. Itulah hasil penelitian lembaga penelitian nasional Prancis, Inserm. Para peneliti mengamati 3.615 orang dewasa yang berusia 30-65 tahun. Para partisipan itu memiliki tingkat gula darah normal pada awal penelitian. Setelah sembilan tahun, 565 partisipan mengalami peningkatan gula darah. Sekitar 19% dari mereka menyatakan terbiasa minum kurang dari setengah liter air putih setiap hari. Para peneliti menyimpulkan dengan meminum air putih minimal setengah liter per hari bisa menekan peningkatan gula darah hingga 28%. (*/Reuters/X-7)

S

UDAH 20 tahun Taryono, 55, tinggal di sebuah bangunan yang juga berfungsi sebagai kandang burung merpati. Kemiskinan membuat warga Tegal Temu, Temanggung, Jawa Tengah, tersebut tidak sanggup membangun rumah yang layak bagi keluarganya. Di bagian dalam lapak merpati itu terdapat selembar tikar untuk tempat duduk tamu sekaligus tempat tidur Taryono. Istri dan keempat anaknya tinggal terpisah di rumah kontrakan. Taryono tinggal di lapak itu karena harus memelihara dan mengawasi 70 ekor burung merpati milik orang lain yang ia sebut ‘bos’. Dari bos itulah ia meraup Rp400 ribu setiap bulan. Uang hasil mengasuh merpati ia serahkan kepada istrinya untuk keperluan rumah tangga, makan, dan biaya sekolah anak sebesar Rp350 ribu. Sisanya, Rp50 ribu, untuk dirinya.

43,1 juta orang, atau bertambah 2,7 juta jiwa ketimbang jumlah orang miskin di 2008. Namun, Badan Pusat Statistik dan Kementerian Sosial justru mencatat jumlah orang miskin turun 4 juta, yakni dari 35 juta di 2008 menjadi 31 juta orang di 2010. Terlepas dari perbedaan tersebut, jumlah angka kemiskinan tetap saja masih tinggi. Alih-alih mengatasi kemiskinan, ada pemerintah daerah yang justru menggunakan dana bantuan sosial untuk tujuan di luar kepentingan kesejahteraan rakyat. Di Nusa Tenggara Timur, berdasarkan laporan BPKP, pemprov setempat menggunakan dana bansos 2010 sebesar Rp607,3 juta untuk menyewa pesawat, helikopter, dan perjalanan dinas ke luar negeri. Gangguan Jiwa Guru Besar Departemen Psikiatri Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia Sasanto Wibisono mengatakan sudah banyak gangguan jiwa muncul AP/AARON FAVILA

MENYEDOT AIR: Seorang pria berjalan di depan pusat perbelanjaan yang sedang menyedot air dari dalam gedung di Bangkok, Thailand, kemarin.

Bangkok Lolos dari Gelombang Tinggi

Kemiskinan juga membuat Suwarno, 35, warga Jagalan, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, harus rela berbagi rumah berukuran 4x8 meter dengan dua keluarga adiknya. Rumah mungil itu penuh sesak karena dijejali sembilan penghuni. Lain lagi dengan Diyem, 51, warga Sikapat, Sumbang, Banyumas. Penghasilannya yang kurang dari Rp10 ribu per hari membuat ia tidak selalu bisa makan setiap hari. Kalaupun mampu membeli beras, kualitasnya pun yang paling rendah. Potret kemiskinan masih sangat jelas terpampang di depan mata di seluruh Tanah Air. Berdasarkan data Perkumpulan Prakarsa, jumlah orang miskin di Indonesia pada 2010 mencapai

akibat tekanan kemiskinan. Bila penanganan kemiskinan tidak memadai, sambung sosiolog Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Musni Umar, akan muncul dampak sosial yang sangat berbahaya. “Mereka mudah terpancing ikut tawuran atau hal negatif lain seperti berdagang narkoba. Persoalan ini terjadi turun-temurun dan membentuk lingkaran yang tidak terselesaikan.” Kompleksitas dimensi kemiskinan juga menyebabkan orang miskin kota lebih sulit bertahan hidup ketimbang orang miskin di desa. “Orang miskin kota lebih mudah mengalami gangguan kejiwaan.” (AS/LD/PO/*/X-7) tosiani@mediaindonesia.com

PERTAHANAN banjir Kota Bangkok menghadapi ujian terhebat seiring dengan meluapnya Sungai Chao Phraya yang membelah ibu kota Thailand itu akibat terjangan gelombang tinggi dari Teluk Thailand yang mencapai puncaknya, kemarin. Ketinggian aliran sungai tersebut terus mencapai titik tertinggi 2,47 meter dalam dua hari terakhir. Meski begitu, warga Bangkok yang sempat cemas menyaksikan tanggul-tanggul dan karung pasir yang membentengi kota mereka dihantam luapan sungai tersebut bisa sedikit bernapas lega. Gelombang tinggi yang mencapai puncaknya pukul 09.00 kemarin tidak sehebat yang diperkirakan angkatan laut negeri itu. Tidak ada tanggul yang ambrol. Namun, ancaman gelombang tinggi masih berlanjut hingga Senin (31/10) walau tidak sehebat kemarin. Meski tidak sampai menjebol tanggul, aliran Sungai Chao Phraya tetap meluap hingga melewati tanggul di beberapa area. Luapan tersebut menggenangi kawasan Chinatown yang biasanya ramai dan jalan-

jalan di sekitar Istana Kerajaan serta Candi Buddha yang pada hari normal dipenuhi turis. Kota Bangkok sendiri terlihat sepi. Puluhan ribu warganya telah meninggalkan kota itu. Eksodus berlanjut sampai kemarin. Warga yang memilih bertahan telah menyiapkan air, makanan, sepatu bot, jaket, dan bahkan perahu. Korban yang tewas akibat banjir bertambah pada Jumat (28/10) malam ketika sebuah perahu yang membawa satu keluarga berjumlah empat orang terbalik saat melewati genangan air setinggi 3 meter. Hanya seorang anak perempuan keluarga itu yang berusia enam tahun selamat karena mengenakan jaket pelampung. Total sudah 381 orang tewas sejak banjir melanda ‘Negeri Tersenyum’--semboyan resmi Thailand--sejak banjir melanda Juli lalu. Banjir juga telah menenggelamkan sekitar 1,6 juta hektare lahan. Secara terpisah, Perdana Menteri Yingluck Shinawatra yakin air akan surut pada pekan pertama November dan ancaman terhadap Bangkok mulai berkurang. “Dalam kon-

REUTERS/SUKLE SUKPLANG

Dalam kondisi kritis ini, ada berita bagus buat kita. Rencana manajemen air telah berjalan lancar dalam beberapa hari ini.” Yingluck Shinawatra PM Thailand disi kritis ini, ada berita bagus buat kita. Rencana manajemen air telah berjalan lancar dalam beberapa hari ini,” kata Yingluck dalam pidato di televisi, kemarin. Dia menambahkan ber kurangnya aliran air dari provinsi-provinsi utara dan pemompaan air ke Teluk Thailand telah mengurangi volume air yang mengancam Bangkok. (*/Reuters/I-2)

Presiden Bentuk Unit Khusus untuk Tangani Papua PRESIDEN akhirnya menjawab persoalan konflik di Papua dengan membentuk Unit Percepatan Pembangunan Provinsi Papua dan Papua Barat (UP4B). Mantan Sekjen Dewan Pertahanan Nasional Letjen (Purn) Bambang Darmono didapuk memimpin unit khusus itu. Tim dibentuk lewat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 65 Tahun 2011 tentang Percepatan Pembangunan Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat dan Perpres 66 Tahun 2011 tentang UP4B.

“Tim itu akan melakukan komunikasi konstruktif serta pendekatan di Papua,” kata Staf Khusus Presiden Bidang Otonomi Daerah Velix Wanggai di sela-sela diskusi bertajuk Papua, Konflik tak Kunjung Usai, di Jakarta, kemarin. Selain tugas tersebut, sambungnya, tim juga akan mengevaluasi dana otonomi khusus Papua yang diduga banyak diselewengkan. Untuk 2012, dana otonomi khusus Papua dianggarkan Rp3,83 triliun dan Papua Barat Rp1,64 triliun. Selain itu,

Kirimkan tanggapan Anda atas berita ini melalui e-mail: interupsi@mediaindonesia.com atau mediaindonesia.com Facebook: Harian Umum Media Indonesia Twitter: @MIdotcom

pada 2012 juga dialokasikan dana tambahan infrastruktur untuk Papua Rp571,4 miliar dan Papua Barat Rp428,6 miliar. Pengamat politik Papua, Frans Hansanay, menilai pembentukan UP4B sudah terlambat. Namun,

unit khusus itu masih bisa menyelesaikan persoalan utama di Papua dengan syarat ada evaluasi menyeluruh implementasi dana otonomi khusus. “Dana otsus yang seharusnya dinikmati orang asli Papua, justru dinikmati oleh bukan orang asli Papua. Kalaupun ada, paling hanya di tingkat elite birokrasi dan politik. Harus diusut ke mana dan digunakan untuk apa saja dana otsus.” Dalam pandangan Ketua Umum Nasional Demokrat Surya Paloh, konflik Papua

berlarut-larut karena pemerintah tidak menyelesaikan gejolak dengan menyertakan hati. “Saya mengkhawatirkan nasib negara, sebangsa dan setanah air. Jika pemerintah tidak segera menyelesaikan gejolak di Papua, potensi disintegrasi bangsa akan terjadi,” kata Surya saat memberi sambutan dalam pelantikan dan pengukuhan tujuh Dewan Pengurus Daerah Ormas Nasional Demokrat Provinsi Riau di Lapangan Beringin, Kota Rengat, Indragiri Hulu, kemarin. (*/BG/X-7)


2

MINGGU, 30 OKTOBER 2011

INTERUPSI

S E L E K TA

Rakyat Miskin bakal Punya Asuransi

Belanja 2012 Melonjak Waspadai Pemborosan PENGANTAR RAPAT Paripurna DPR mengesahkan RUU Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2012 menjadi undang-undang, Jumat (28/10) lalu. Dalam APBN 2012, pemerintah dan DPR menyepakati besarnya anggaran belanja Rp1.435,4 triliun. Angka itu naik Rp16,9 triliun dari anggaran belanja dalam RAPBN 2012 sebesar Rp1.418,5 triliun. Kenaikan porsi belanja tersebut dipicu naiknya belanja pemerintah pusat sebesar Rp10,9 triliun atau dari Rp954,1 triliun (RAPBN 2012) menjadi Rp965,0 triliun (APBN 2012) dan transfer daerah yang naik Rp6 triliun dari Rp464,4 triliun menjadi Rp470,4 triliun. “Belanja pemerintah pusat terdiri dari belanja pegawai Rp215,7 triliun, belanja barang Rp142,2 triliun, dan belanja modal Rp168,2 triliun,” kata Ketua Badan Anggaran DPR Melchias Markus Mekeng dalam rapat paripurna yang juga dihadiri Menteri Keuangan Agus Martowardojo. (Selekta, hlm 12, 29/10) Berikut tanggapan pembaca:

PENGANTAR SETELAH berjalan alot dan diwarnai demonstrasi buruh, akhirnya DPR dan pemerintah menyetujui RUU Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) disahkan menjadi undang-undang. Persetujuan itu diambil dalam rapat paripurna dewan yang dimulai Jumat (28/10) pukul 14.30 WIB. Pembahasan menyangkut BPJS II berlangsung alot. Ada dua BPJS. BPJS I yang merupakan transformasi PT Askes menyelenggarakan program jaminan kesehatan dan BPJS II merupakan transformasi PT Jamsostek, PT Taspen, dan PT Asabri, menyelenggarakan jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua, dan jaminan pensiun. Berdasarkan pemandangan umum fraksi-fraksi, sembilan fraksi yang ada di DPR satu suara dengan pemerintah soal BPJS I yang dimulai Januari 2014. Fraksi pecah menyangkut BPJS II. Enam fraksi, yakni PDIP, Golkar, PKS, PPP, Hanura, dan Gerindra menginginkan BPJS II beroperasi 1 Januari 2014. Adapun tiga fraksi, yakni Partai Demokrat, PKB, dan PAN sependapat dengan pemerintah bahwa BPJS II mulai beroperasi 1 Januari 2016. Itulah sebabnya, Wakil Ketua DPR Pramono Anung yang memimpin rapat paripurna langsung menskors rapat untuk memberi kesempatan lobi fraksi. Hasil lobi menyepakati BPJS II paling lambat beroperasi mulai Juli 2015. (Headline, hlm 01, 29/10) Berikut tanggapan pembaca:

Ilusi Hahaha... padahal rakyat miskin tidak membutuhkan ilusi. Baron Yarangga

ANTARA/RENO ESNIR

Telanjur Apatis

Tetap Sulit

KARENA keseringan dijejali ‘mimpimimpi indah’, rakyat menjadi telanjur apatis terhadap kebijakan-kebijakan yang dihembuskan pemerintah. Semoga ini bukan su’udzon. Erost Ferdiansyah

KARENA sifatnya ngutang, pada pelaksanaannya tetap saja sulit. Semar Cupuning Alam

Pindah Proyek Obral Janji

Pengawasan Lemah

Pungli

SELAMA hukum terhadap kasus korupsi belum dapat ditegakkan dengan benar, maka dalam pelaksanaan pengawasannya akan lemah. Seperti kata pepatah, bagaikan berlayar dengan perahu yang bocor. Gatot Iskandarsyah

MUDAH-MUDAHAN tidak dipersulit. Biasanya juga banyak pungli. Ferri Bye

Tepat Sasaran SETUJU Mas Bro! Tapi asal nggak salah sasaran dan mendatanya yang pasti pas, ya. Langgeng Dwi Kismo

JANJI tinggal janji. Oh, kasihan para pejabat di negeri ini. Terlalu suka obral janji, tapi tak satu pun tertepati. Kasihan! Nurul Azizah

Benahi Birokrasi

Untung Ada Demo

PERCUMA saja kalau nanti diklaim susah juga ngurusnya. Bertele-tele, ribet, lempar sana-sini, dan sebagainya. Benahi dulu tuh birokrasi bobrok memuakkan. Bimo Artha

KALAU tidak ada demonstrasi dari buruh, rasanya pengesahan RUU bakal berjalan sangat lamban. Kalau masalah terima komisi, habis selesai rapat aja paling cepat. Abdussyukur Al Josha

Lama

Dimakan Tikus Berdasi MUDAH-MUDAHAN anggarannya nggak dimakan tikus-tikus berdasi. Cah Bagoes

TAPI itu baru bisa direalisasikan nanti pada 2015. Kenapa lama banget direalisasi? Abdullah Rohim

Dipotong

Semoga Berjalan Baik

ASURANSI apa? Mereka butuh lapangan kerja, merasakan makna kemerdekaan. Asuransi dari DPR Rp300 ribu nyampe ke rakyat paling Rp100 ribu. Potong ini potong itu. Jendral Alam Ghoib

SEMOGA jaminan sosial ini berjalan sesuai sistem yang sudah ter-setting dengan sistematis dan tepat sasaran untuk rakyat yang tidak mampu dan membutuhkan ini. Wisnu Wibowo

MI/PANCA SYURKANI

Tegakan Hukum TIAP TKI mau terbang diharuskan bayar Rp170 ribu sebagai asuransi. Tapi bila ada kecelakaan/kematian TKI, jangankan dapat uang asuransi, biaya transportasi dari bandara ke Malang, Jawa Timur, yang nanggung keluarga korban. Dikemanakan uang asuransi TKI? Lihatlah wahai koruptor-koruptor akan pembalasan Allah SWT kelak di akhirat! Hukum ditegakkan dan uang nggak ada gunanya lagi. Roberto Bagio

Kan proyek pembangunan gedung DPR batal. Lalu dana proyek siluman pindah ke anggaran proyek lain. Steve Theodore

Waspadai Kebocoran SELAIN pemborosan anggaran, yang harus juga diwaspadai adalah kebocoran anggaran dan siluman anggaran. Wisnu Wibowo

Hemat WAHAI wakil rakyat, kalau bisa dihemat, kenapa tidak? Sodiqq Fajar

Mobil Pejabat CUMA buat proyek pembangunan kantor sama pembelian mobil dinas pejabat. Ferri Bye

Awas, Mafia Proyek! KALAU lagi menyusun anggaran, kita harus mewaspadai mafia anggaran dan setelah jadi anggaran yang harus diwaspadai adalah mafia proyek. Semar Cupuning Alam

Boros

FOKUS OLAHRAGA

Berharap Keberuntungan sebagai Tuan Rumah PENGANTAR PERTANYAAN besar yang saat ini menggayut di kepala banyak pihak ialah bisakah Indonesia menjadi juara umum SEA Games (SEAG) XXVI yang bakal digelar 11-22 November mendatang di Palembang dan DKI Jakarta? Hal itu patut dipertanyakan jika acuannya persiapan yang amburadul, mulai penyiapan arena pertandingan hingga tidak tepat waktunya test event sejumlah cabang olahraga. Ketika mengambil alih posisi Singapura menjadi tuan rumah SEAG, sesungguhnya tidak ada alasan tidak menyiapkan diri dengan baik karena ada waktu dua tahun setelah SEAG XXV di Laos. Keputusan untuk menetapkan kota penyelenggara pun seperti tidak serius. Mulai empat kota di Jakarta, Palembang, Bandung, dan Semarang hingga akhirnya diputuskan hanya Jakarta dan Palembang. (Fokus Olahraga, hlm 18-19, 29/10) Berikut tanggapan pembaca: ANTARA/PUSPA PERWITASARI

Harumkan Bangsa

Kombinasi

PARA prajurit berjuang untuk membela keutuhan bangsa dan para atlet juga berjuang untuk mengharumkan bangsa. Keduanya sama-sama untuk menjunjung kejayaan bangsa Indonesia. Semangatlah! Haerudin Tea

TUGAS pemerintah untuk mengombinasikan antara skill para atlet dan fasilitas yang menunjang. Jangan sampai semangat para atlet kita kendur hanya karena masalah venue yang bermasalah. Sodiqq Fajar

Terus Berlatih JANGAN hanya mengandalkan keberuntungan. Keberuntungan hanya untuk orang-orang yang putus asa dan malas. Maka dari itu, berlatihlah hai para atlet. Semangat! Kita sebagai suporter mendukung dalam doa. Pasti Indonesia menang! Mersi Meilina Daeli

Didukung SEMANGAT para atlet bangsa, kami mendukungmu! Sodiqq Fajar

SUNGUH angka yang sangat besar. Pemerintah kadang dalam melakukan belanja kayak belanjanya dewa yang lagi kesurupan alias boros banget. Baru sadar kalau sudah lihat angkanya. Sama seperti pembelian mobil para menteri dan setingkatnya, pembelian mobil Toyota Crown Royal Saloon yang harganya Rp1,2 miliar yang dipesan langsung dari Korea. Padahal, mobil yang lama masih layak untuk dipakai. Mending uang itu dipakai buat perbaikan sekolah yang rusak, membantu rakyat miskin atau lainnya yang lebih bermanfaat. Abdussyukur Al Josha

Tega PELUANG korupsinya juga melonjak dong. Belanja negara pakai utang luar negeri dikorup lagi. Tega amat. Farah Aulia Rachman

Bagaimana Fasilitasnya?

Belanja Membengkak

BERHARAP boleh, tapi fasilitasnya sudah cukup memenuhi syarat, belum? Aisyah Aisyeh

BELANJA negara semakin membengkak jika dibandingkan dengan pemasukan dari ekspor yang semakin dibatasi. Ferdy Adink Yulian

Bukan Cari Bonus

Pipa Basah

MUDAH-MUDAHANAN mereka masih memiliki patriotisme, tidak sekadar mencari bonus. Semar Cupuning Alam

Duit sebanyak itu ibarat air. Biasanya pipa yang mengalirkan ikut ‘basah’. Fajar Budiati

Berjuang KALAU saya cukup bilang ‘berjuang terus dan tetap semangat’. Asan Arnasan

Masuk Kantong ANGGARAN sih besar. Tapi masuk ke kantong orang yang bikin anggaran itu sendiri. Zaman wes edhan. Rakyat cuma buat tumbal. Maz MaRmud


P OLKAM

MINGGU, 30 OKTOBER 2011

3

DINAMIKA Moratorium Remisi Koruptor Berlaku

PENGUKUHAN PENGURUS: Ketua Umum Nasional Demokrat Surya Paloh memberikan sambutan pada acara pelantikan dan pengukuhan tujuh dewan pengurus daerah organisasi kemasyarakatan Nasional Demokrat di Riau, kemarin. MI/BAGUS HIMAWAN

Jangan Menyerah Melawan KKN BANGSA dan rakyat Indonesia tidak boleh menyerah menghadapi korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) yang bertambah dan menggila, yang dipertontonkan saat ini. Sebenarnya Indonesia bisa maju jika rakyat dan pemimpinnya mau melakukan perubahan, bukan mengandalkan bantuan dari negara lain. Demikian diungkapkan Ketua Umum Nasional Demokrat Surya Paloh ketika mengu-

kuhkan dan melantik tujuh kepengurusan dewan pimpinan daerah (DPD) di Provinsi Riau, kemarin. “Kita sudah sangat jauh tertinggal dengan bangsa lain di sekitar. Padahal bangsa ini sangat jaya di masa lalu.” Indonesia, lanjutnya, mengalami kemunduran di berbagai lini terutama pada sisi etos, disiplin, dan moralitas. Reformasi yang sudah berjalan sekitar 13 tahun pun sudah gagal.

Karena itu, ungkap Surya Paloh, Nasional Demokrat hadir menjadi wadah bagi warga negara yang ingin aktif untuk merestorasi bangsa, yang saat ini sedang dalam tahap kemunduran. “Lewat Nasional Demokrat inilah kita menjadi kaum pergerakan untuk membangun Indonesia yang baru dan lebih baik,” tegasnya. Surya Paloh, kemarin, melantik tujuh kepengurusan yaitu

DPD Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Kuantan Singingi, Pelalawan, Kampar, Rokan Hulu, dan Kota Pekanbaru. Acara pengukuhan digelar secara meriah yang dihadiri masyarakat, simpatisan, dan anggota Nasional Demokrat di Lapangan Beringin, Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu. Termasuk yang hadir di antaranya Ketua DPW Nasional Demokrat Riau Iskandar Husein dan calon Wali Kota Pekanbaru

Firdaus MT. Berbagai kegiatan menarik disuguhkan untuk menyambut dan menghiasi acara pengukuhan ini. Pada saat memasuki Lapangan Beringin, Surya disambut dengan atraksi silat persembahan putra daerah asli dan reog ponorogo. Rentak Bulian, tarian suku asli Talang Mamak, menjadi atraksi selanjutnya menyambut kehadiran tokoh nasional itu di tengah masyarakat Riau. (BG/P-4)

Minim Kader, Parpol Kecil Bisa Dimerger

KEMENTERIAN Hukum dan HAM telah memberlakukan moratorium pemberian remisi untuk koruptor dan teroris. Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana menyebutkan moratorium tersebut telah diberlakukan kecuali kepada koruptor yang membantu pengungkapan kasus-kasus korupsi yang lebih besar. “Seperti Agus Condro masih bisa diberikan remisi karena banyak membantu KPK dan aparat penegak hukum dalam pengungkapan berbagai kasus korupsi yang besar,” kata Denny pada pidato pembukaan bedah buku karangannya bertajuk Indonesia Optimis di aula Rektorat Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, kemarin. Adanya pengecualian itu, tambahnya, sebagai salah satu bukti bahwa masyarakat yang bersedia membantu aparat hukum akan mendapatkan keringanan hukuman sesuai dengan peraturan. Tentang syarat dan aturannya, kata dia, sedang dalam proses penyusunan, tetapi untuk moratoriumnya sudah diberlakukan. (DY/Ant/P-4)

KPK untuk Kejar Pelaku Korupsi SALAH satu politikus penggagas kelahiran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Zain Badjeber mengatakan lembaga antisuap itu lahir bukan untuk mengejar kerugian negara akibat korupsi. Tetapi lebih kepada untuk memberikan efek jera kepada para koruptor. “(KPK) bukan semata kejar kerugian negara, tapi menjerat dan memberi efek jera,” cetus politikus senior itu kepada Media Indonesia, kemarin. Dia menjelaskan pandangannya itu berdasarkan UU No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Dikatakannya, sejak saat itu tindak pidana korupsi itu digolongkan sebagai kejahatan luar biasa (extraordinary crime). Perbuatan melawan hukum tidak terbatas pada pelanggaran terhadap hukum, tetapi juga terhadap asas kepatutan. Artinya, kategorisasi korupsi tidak hanya akibat adanya kerugian materiil negara. Potensi kerugian negara atau delik formil pun dapat dijerat oleh KPK.(*/P-4)

GMNI Diminta Lakukan Regenerasi TAUFIQ Kiemas mengingatkan pemimpin gerakan mahasiswa melakukan langkah regenerasi. Hal tersebut disampaikan Taufiq Kiemas, Jumat (28/10) malam, usai meresmikan Wisma Trisakti yang merupakan gedung sekretariat Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI). Taufiq yang merupakan alumni GMNI mengingatkan, seorang pemimpin yang baik haruslah mampu membangun penerusnya. “Ke depannya, harus ada regenerasi. Seorang pemimpin yang baik harus mampu membangun generasi penerus,” tandasnya, di Jakarta. Taufiq juga mengingatkan seluruh anggota GMNI dapat menjalankan asas Trisakti dalam organisasi. Trisakti yang dimaksud ialah berdaulat dalam berpolitik, berkepribadian dalam kebudayaan, dan berdikari dalam ekonomi. “Seluruh anggota GMNI harus memiliki semangat gotong royong dan nasionalisme, layaknya Bung Karno,” ujarnya. Hadir pula dalam acara itu, di antaranya, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Theo L Sambuaga dan Gubernur Surabaya Soekarwo. (*/P-3)

Penggabungan beberapa partai kecil akibat ambang batas parlemen yang mengancam eksistensi partai kecil hingga menengah. RATNA NURAENI

P

ARTAI politik (parpol) kecil diprediksi akan melakukan merger untuk menyelamatkan suaranya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2014. Menurut pengamat Politik Universitas Gadjah Mada Ari Dwipayana, jalur penggabungan parpol merupakan pilihan rasional bagi partai kecil yang minim kader dan simpatisan. Minimnya kader berkualitas bagi calon presiden ataupun anggota legislatif, sambungnya, dapat disiasati dengan pembagian kekuasaan lewat pembentukan dewan presidium partai-partai itu. Pasalnya, kebanyakan parpol kecil dibentuk oleh segelintir elite. Dia menilai penggabungan partai itu takkan terhambat

ideologi partai. Mengingat kecenderungan parpol saat ini berposisi tengah. Artinya, tak ada kejelasan basis ideologi. Bahkan, tambahnya, ketidaksinkronan ideologi bukan masalah, mengingat pragmatisme masih menjadi ideologi satu-satunya mayoritas parpol di Indonesia. “Jarak ideologi enggak terlalu jauh, ini memudahkan untuk merger,” kata Ari kepada Media Indonesia, kemarin. Direktur Eksekutif Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) Ray Rangkuti mengatakan wacana penggabungan beberapa partai kecil itu bukan hanya akibat tidak adanya kader yang mumpuni untuk dicalonkan sebagai Presiden ataupun anggota legislatif. Tetapi juga akibat ambang batas parlemen (parliamentary treshold/PT)

yang mengancam eksistensi partai kecil hingga menengah. Keterdesakan eksistensi itu, katanya, menyebabkan parpol bersikap pragmatis. “Jalannya penggabungan. Karena pengaturan dalam UU (UU No 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik) mensyaratkan penggabungan, bukan peleburan,” cetus Ray. Salah satu mekanismenya, terang dia, partai kecil menumpang ke partai besar yang sudah mapan untuk ikut pemilu. Penggabungan ini, lanjutnya, akan membuat parpol kecil tetap eksis sebagai partai. Bahkan, keberadaannya akan seperti parpol dalam parpol. Proporsional tertutup Ray mencontohkan, Partai Indonesia Baru (PIB) yang tak lolos PT dan tidak mau

membubarkan diri. Sementara untuk ikut pemilu berikutnya, PIB harus berganti baju. Pilihan lainnya, menggabungkan diri di bawah bendera besar, seperti Partai Demokrat. Kemudian, PIB akan difokuskan untuk meraup suara di daerah tertentu yang sudah menjadi basisnya. “Kalau ada rezeki, mereka tinggal keluar dan ikut Pemilu selanjutnya, sebagai partai yang sama,” imbuhnya. Wakil Ketua Komisi II DPR Ganjar Pranowo menyatakan sistem proporsional tertutup kemungkinan besar paling sesuai dipakai pada Pemilu 2014 sehingga parpol dapat meloloskan calon yang memang sudah disiapkan sesuai dengan ideologi partai. Dengan itu, tambahnya, partai akan melakukan sejumlah tes untuk mengetahui kom-

Kejati Jabar Bentuk Tim Eksaminasi KEJAKSAAN Tinggi Jawa Barat (Kejati Jabar) telah membentuk tim supervisi dan eksaminasi terkait dengan bebasnya para terdakwa korupsi dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung. Menurut Asisten Pidana Khusus Kejati Jabar Fadil Jumhana, tim supervisi dan eksaminasi dibentuk untuk mengetahui latar belakang vonis bebas perkara korupsi di Pengadilan Tipikor Bandung. “Tim supervisi dan eksaminasi dipimpin Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Jabar dan akan bertolak ke Kejaksaan Negeri Bekasi, Senin (31/10). Tim akan melakukan supervisi vonis bebas Anggiat Tampu Situngkir, terdakwa kasus korupsi dan penyuapan terhadap staf ahli

Wali Kota Bekasi Agus Sofyan, yang juga bebas di pengadilan tipikor,” ungkap Fadil di Bandung, kemarin. Walaupun begitu, dia mengakui Kejati Jabar hingga saat ini belum melakukan investigasi terkait dengan vonis bebas para terdakwa korupsi. “Melainkan hanya melakukan penelitian dan upaya hukum, termasuk kasasi terkait vonis bebas tersebut,” tegasnya. Vonis bebas untuk Anggiat merupakan putusan serupa keempat yang diberikan hakim di Pengadilan Tipikor Bandung. Sebelumnya, tiga terdakwa kasus korupsi lainnya juga dibebaskan. Mereka adalah Wali Kota Bekasi Mochtar Mohamad, Bupati Subang Eep Hidayat, dan Wakil Wali Kota Bogor Achmad Ru’yat. Hal itulah yang menyebab-

MI/SUSANTO

Ini karena ketidakmampuan jaksa memperkuat dalildalil dakwaannya.” Ahmad Yani Anggota Komisi III DPR kan putusan Pengadilan Tipikor Bandung perlu dievaluasi. Evaluasi harus dilakukan untuk melihat putusan

itu murni bebas atau terkait dengan hakim yang tidak jujur, bahkan juga bisa jaksa yang bersiasat. Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PPP Ahmad Yani menilai biang keladi diputus bebasnya terdakwa korupsi adalah dakwaan lemah yang diramu oleh tim jaksa. “Kita tidak boleh menyalahkan hakim, ini karena ketidakmampuan jaksa memperkuat dalil-dalil dakwaannya. Karena dakwaan kurang cermat, maka bisa dibebaskan demi hukum,” ujarnya. Tapi, dia juga mengakui kredibilitas hakim tipikor di daerah semakin dipertanyakan. Penyebabnya antara lain banyak terdakwa kasus korupsi yang ditangani tersenyum puas karena mendapatkan putusan bebas. (EM/P-4)

petensi dan kualitas dari calon anggota legislatif yang akan bertarung memperebutkan suara rakyat. Ganjar yakin sistem ini akan memunculkan kader-kader terbaik yang sesuai dengan ideologi dan platform partai. “Sistem ini membuka peluang bagi kader yang berkualitas, tetapi tidak punya akar kuat dan modal politik yang kuat. Kalaupun ada pilihan dari ketua umum, paling hanya 10% saja,” katanya. Pada akhirnya, katanya, rakyat tak peduli sistem mana yang akan digunakan. “Rakyat hanya ingin agar anggota legislatif mau menampung dan memperjuangkan aspirasi mereka,” ujarnya. (*/P-4) ratna@mediaindonesia.com

MI/ROMMY PUJIANTO

PEMENANG CERDAS CERMAT: Ketua MPR Taufiq Kiemas bersama Ketua DPD Irman Gusman (kanan) menyalami para pemenang Lomba Cerdas Cermat UUD 1945 di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, kemarin. Para pemenang lomba yang diselenggarakan oleh MPR itu adalah SMA Titian Teras, Jambi, sebagai juara I; SMAN 1 Wonosobo, Jateng, juara II; dan SMAN Gunung Talang, Sumbar, juara III.


U MUM

4

MINGGU, 30 OKTOBER 2011

Militer Suriah makin Beringas, 43 Tewas Liga Arab mengeluarkan pernyataan sangat keras untuk mendesak Presiden Bashar alAssad berhenti membunuh warga sipil. DIKA DANIA KARDI

D

EMONSTRASI menentang Presiden Suriah Bashar alAssad menghadapi salah satu hari paling berdarah dalam dua hari terakhir. Sekitar 43 warga tewas diberondong militer negara saat berdemonstrasi menuntut perlindungan internasional dari kekerasan Al-Assad. Jumlah korban terbanyak

terjadi di Kota Hama dan Distrik Baba Amr, Homs, Jumat (28/10). Korban tewas di kota itu mencapai 40 orang. Aktivis hak asasi manusia Suriah menyatakan militer yang didukung tank melepaskan tembakan untuk membubarkan pengunjuk rasa. Menurut rencana, para pengunjuk rasa itu menuntut diberlakukannya larangan terbang di Suriah untuk melindungi warga sipil dari kemungkinan serangan

udara rezim Al-Assad yang keluarganya telah berkuasa di negeri itu selama 41 tahun. Kelompok aktivis Avaaz menyatakan 14 orang terbunuh di Desa Al-Qosour, Al-Hamidiya, dan Al-Jarajmah di Kota Hama. Selain itu, puluhan demonstran terluka dan puluhan lainnya ditangkap dalam pembubaran itu. Penembakan dan penangkapan juga dikabarkan terjadi di timur Kota Deir el-Zour. Di Baba Amar, Homs, kelompok HAM Syrian Observatory mengatakan 17 orang tewas ditembak militer. Tiga orang kembali tewas kemarin pagi. Satu orang ditembak penembak jitu dan dua

Komite Liga Arab untuk Krisis Suriah telah menyatakan kekecewaan sangat mendalam atas berlanjutnya pembunuhan warga sipil.” lainnya diberondong senapan mesin karena terjebak di antara pasukan Al-Assad dan pembelot. Militer Suriah menggempur kota tua itu untuk memburu para militer pembelot. Pemimpin aktivis HAM Suriah Rami Abdul-Rahman mengata-

kan aparat keamanan di Homs menembaki pengunjuk rasa dengan senjata mesin. Penduduk mengatakan para pembelot membalas dengan menembakkan peluru antipesawat udara serta senapan mesin. Para pengunjuk rasa yang tersebar di beberapa kota Suriah itu pun menuntut perlindungan internasional terhadap demonstran prodemokrasi Suriah. Desakan Liga Arab Menyusul meningkatnya krisis tersebut, Liga Arab mengeluarkan pernyataan sangat keras untuk mendesak Al-

Assad berhenti membunuh warga sipil. Dalam pernyataannya, Komite Liga Arab untuk Krisis Suriah telah menyatakan kekecewaan sangat mendalam atas berlanjutnya pembunuhan warga sipil. Komite tersebut juga menerangkan permintaan itu dikirimkan lewat surat ke Presiden Suriah Bashar al-Assad. Liga Arab juga mendesak Damaskus, pusat pemerintahan Suriah, mengambil langkahlangkah semestinya untuk melindungi warga sipil. Komite tersebut berencana bertemu dengan pemerintah Suriah Minggu waktu setempat (30/10). Pertemuan yang akan

dilangsungkan di ibu kota Qatar, Doha, itu akan membicarakan upaya-upaya untuk mengakhiri krisis. PBB menyatakan sudah lebih dari 3.000 orang, 200 di antaranya anak-anak, tewas sejak unjuk rasa menentang Presiden Al-Assad merebak Maret lalu. Adapun pemerintah Suriah menyatakan 1.100 tentara dan polisi terbunuh oleh aktivis bersenjata. Pemerintah Suriah membatasi akses bagi wartawan sehingga sulit untuk mengonfirmasi data dan fakta. (*/ Aljazeera/Reuters/I-2) dika@mediaindonesia.com

Ribuan Cendana Hangus Terbakar

DAVID FOSTER AND FRIENDS: (Dari kiri) Penyanyi Charice, Michael Bolton, David Foster, Russel Watson, Philip Bailey, dan Ashanti tampil membawakan lagu Earth Song dalam konser bertajuk David Foster and Friends, Asia Tour 2011, di Jakarta, Jumat (28/10) malam. MI/PANCA SYURKANI

SEBUAH tembang pembuka St.Elmo Fire: David Back of House mengalun akrab menyapa ribuan penonton yang memadati Plenary Hall JCC pada konser bertajuk Djarum Mild, David Foster and Friends, Asia Tour 2011, Jumat (28/10) malam. Ini kali kedua David Foster menggelar konser di Indonesia. Sambil memainkan piano, David tak melepaskan senyum khasnya. Seusai memainkan lagi pembuka, pencipta lagu sekaligus penyanyi asal Kanada itu menyapa penggemarnya dengan sebuah pertanyaan, “Tahukah kalian mengapa aku tersenyum sejak tadi?” Tak lama berselang ia menjawab sendiri, “Karena saya kem-

David Foster nan Elegan bali ke Indonesia dan bertemu ribuan penonton luar biasa. Senang sekali berada di Jakarta kembali,” seru David. Sontak, penonton menimpali seruan David dengan tepuk tangan. Malam itu suasana terasa sangat romantis. Panggung yang terbilang sederhana terasa elegan. Tiket seharga Rp900 ribu hingga Rp12 juta bukan masalah bagi para penggemar untuk menikmati sajian mewah David Foster. Memang konser kali ini terasa istimewa. David juga memberi kesempatan kepada dua penyanyi muda asal Indonesia,

Zaneta Naomi, 13, dan Putri Ayu, pemenang ajang Indonesia Mencari Bakat yang diselenggarakan sebuah televisi swasta. Naomi dengan apik membawakan lagu Listen. Penonton tak henti bertepuk tangan mendengar suara Zaneta yang merdu. Seusai menyanyi, Zaneta memeluk David. Agaknya ia lega setelah rasa groginya dibayar lunas dengan penampilan yang sempurna. “Kau sekarang sudah punya orangtua yang akan mengantarmu pulang ke rumahku,” ucap David diiringi tawa penonton. Putri Ayu yang sebelumnya

terlihat grogi akhirnya sempurna membawakan Time to Say Goodbye. “Bagaimana perasaanmu tampil di konser ini?” Tanya David. Putri mengakui bahwa ia grogi sekaligus senang bisa sepanggung dengan David. “Saya yakin banyak musisi muda Indonesia yang memiliki bakat luar biasa seperti Putri dan Zaneta,” kata David. Penonton semakin histeris saat penyanyi top dunia Michael Bolton muncul dari belakang penonton dan menyanyikan When a Man Loves a Woman. Seusai lagu, David menyambut Michael dengan ucapan,

“Jakarta sangat luar biasa, aku sudah bernyanyi dan tahukah kau, aku juga sudah mencium Bush, Mus, entah siapa itu.” Dengan raut agak bingung Michael berkata, “Well, aku juga siap menjalin hubungan.” Penonton pun terbahak mendengar penyanyi asal Amerika Serikat itu berkelakar. Tanpa terasa waktu bergulir semakin malam. Dentingan piano David Foster yang berjudul Play off menandakan berakhirnya konser. Namun, penggemarnya tampak enggan meninggalkan bangku mereka. Sampai David benar-benar hilang dari balik panggung, barulah antrean penonton memanjang pulang dengan raut muka semringah. (*/M-1)

API yang melalap hutan budi daya tanaman cendana di Kelurahan Fatukoa, Kecamatan Maulafa, Kupang, Nusa Tenggara Timur, hingga kemarin belum juga padam. Kebakaran sudah terjadi sejak Jumat (28/10). Sejumlah asap putih terlihat masih mengepul di beberapa titik di kawasan tersebut. Kebakaran itu berdampak pada 2.800 anakan cendana yang ada di lokasi budi daya. Sangat mungkin anakan cendana tidak bisa diselamatkan. ‘’Kami harus menanam lagi di tempat yang sama karena banyak tanaman yang terbakar,’’ kata Kepala Bidang Rehabilitasi Hutan dan Lahan Dinas Kehutanan NTT, Stevani, kepada Media Indonesia, kemarin. Petugas dari dinas kehutanan ditemani sejumlah pekerja memasuki area kebakaran sambil membawa air untuk menyirami tanaman yang masih bisa diselamatkan. Tanam an yang benar-benar hangus dicabut. Menurut rencana, dinas kehutanan setempat akan mengganti dengan tanaman baru.

Sebagian besar anakan cendana yang terbakar rata-rata berusia empat bulan, dengan tinggi 100 cm. ‘’Pekerja sudah mengantisipasi api dengan merobohkan semak, tetapi tidak berhasil karena api merembet cepat dibantu tiupan angin,’’ jelas Stevani. Dia pun belum mengetahui secara pasti dari mana munculnya sumber api. Pasalnya tidak ada warga yang bermukim di dekat lokasi budi daya. Namun dari sejumlah kesaksian warga, api bersumber dari bukit di dalam kawasan hutan. “Kita belum pastikan api berasal dari puntung rokok yang dibuang warga yang melintas, atau gesekan rumput sebagai dampak dari cuaca panas ekstrim,” ujar Stevani. Selain itu, puluhan hektare hutan jati yang berbatasan dengan lokasi budi daya cendana juga ikut terbakar. Menurut Stevani, budi daya cendana cukup bagus dilaksanakan pada musim kemarau karena peluang tumbuh mencapai 80%, sedangkan saat musim hujan hanya tumbuh sekitar 40%60%. (PO/N-3)

LIA Latih 200 Guru Bahasa Inggris YAYASAN LIA, sebuah lembaga yang bergerak di bidang pendidikan bahasa Inggris, memberikan pelatihan cara praktis mengajar bahasa Inggris pada 200 guru SMA pengampu bahasa Inggris se-Jabodetabek secara gratis. “Ini merupakan bentuk pengabdian sosial yayasan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujar Manajer Humas Yayasan LIA Sukma Ginting

dalam perbincangan dengan Media Indonesia, kemarin, di Jakarta. Pembekalan kepada para pengajar disampaikan dalam bentuk seminar sehari bertema Developing 21ST century learners throuh language teaching. Menurut Sukma, model pelatih an yang diberikan kepada pendidik telah mendapat pengakuan dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta dan didukung oleh

The Regional English Language Office (RELO) yang disupervisi oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta. Menurut Sukma, agar dunia pendidikan khususnya di bidang bahasa Inggris semakin maju, pihak yayasan sadar bahwa pembekalan ilmu idealnya tidak hanya diberikan kepada para murid yang belajar di bawah gerai-gerai lembaga pendidikan milik yayasan

saja. “Kontribusi dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris bangsa kita akan lebih kuat jika guru-guru sekolah juga memiliki kemampuan mengajar bahasa Inggris yang baik,” imbuhnya. Lebih jauh ia mengatakan yayasan tidak menyangka respons para guru untuk ikut seminar cukup besar. Ternyata tidak hanya guru-guru SMA di

Jabodetabek yang berpartisipasi dalam seminar, guru-guru dari luar kota seperti Indramayu dan Cianjur pun berminat. Hadir memberikan materi pengajaran pada kesempatan itu adalah para pengajar terbaik dari yayasan dan RELO. Mereka adalah academic consultant LBPP LIA Luz Aguin Ismail dan Michael Kelley, pengajar senior dari RELO EL Fellow. (Bay/S-5)

MI/PALCE AMALO

TERANCAM MATI: Pekerja menyiram anakan cendana yang terbakar di lokasi budi daya cendana di kawasan hutan Kelurahan Fatukoa, Kecamatan Maulafa, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), kemarin. Kebakaran yang terjadi pada Jumat (28/10) mengakibatkan 2.800 anakan cendana terancam mati.

Diversifikasi Pangan Berjalan Lamban PROGRAM diversifikasi pangan yang dicanangkan Kementerian Pertanian (Kementan) berjalan lamban. Padahal, program yang juga diperlukan untuk mewujudkan ketahanan pangan itu telah dijalankan sejak 1970-an. Demikian dikemukakan pengamat pertanian Khudori saat dihubungi kemarin. Diversifikasi pangan harus diikuti langkah-langkah konkret. “Sekarang ini tidak ada program untuk menurunkan konsumsi beras. Ada kampanye one day no rice, tetapi tidak diikuti aksi yang jelas.” Pemerintah juga harus menjamin pangan substitusi tersedia. Bila tidak terdistribusi

secara merata, masyarakat akan kembali mengonsumsi beras. Selain itu, lanjut Khudori, harga pangan pengganti mesti diperhatikan. Disparitas harga pangan substitusi dengan harga beras menjadi faktor gagalnya ketahanan pangan yang dicanangkan Kementan. “Kalau Rp5.000 dapat beras setengah kilogram, pangan pengganti juga harus memiliki nilai yang sama,” terang Khudori. Kementan pada akhir pekan lalu mengklaim dalam dua tahun terakhir konsumsi beras nasional turun hingga 1,4%. Menurut Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Ahmad Suryana,

MI/SUSANTO

Suswono Menteri Pertanian pada 2008 konsumsi beras sebanyak 104,9 kg/kapita/tahun. Kemudian turun menjadi 102,2 kg/kapita/tahun pada 2009 dan pada 2010 menjadi 100,8 kg/kapita/tahun. “Penurunan konsumsi beras sebesar 1,4% tersebut hampir mencapai sasaran Perpres No

22 Tahun 2009 yang menargetkan penurunan konsumsi beras sebesar 1,5% per tahun,” katanya. Khudori menilai penurunan itu tidak menunjukkan keberhasilan diversifikasi. Bukan hanya karena belum mencapai target yang ditetapkan pada 2009, melainkan juga karena target itu sendiri masih rendah. Menteri Pertanian Suswono di Bogor, kemarin, berjanji akan mengembangkan sejumlah daerah yang memiliki potensi budi daya sagu, jagung, singkong, maupun ubi. Keempat sumber karbohidrat tersebut paling diandalkan sebagai alternatif pengganti beras. (*/E-1)


J EDA Riuhnya Gelombang K-pop Rasa Melayu

5

MINGGU, 30 OKTOBER 2011

Manajemen yang andal mutlak diterapkan dalam boy band dan girl band demi memenangi persaingan. IWAN KURNIAWAN

D

ATANGLAH ke konser boy band atau girl band. Dipastikan, di sana anakanak setengah remaja alias ABG (anak baru gede) bakal berteriak-teriak histeris, uyel-uyelan, dan berdesak-desakan demi bisa berada paling dekat dengan para penampil. Ya, maraknya aksi para boy band dan girl band belakangan ini memang tidak dapat dimungkiri karena peran anak-anak berusia tanggung itu. Kaum remaja atau dewasa memang sempat mencibir penampilan boy band dan girl band, sebaliknya, ABG-lah yang membuat fenomena tersebut semakin marak. Itu sebenarnya bukan fenomena yang benar-benar baru. Sebelumnya, pada era 1990-an, boy band ataupun girl band juga sempat meraja. Beberapa kelompok seperti Bening, ME, dan Trio Libels saat itu menjadi pujaan. Meski demikian, nasib kelompok musik itu seakan terbenam oleh terpaan zaman. Kini, ketika pop Korea atau lebih dikenal dengan sebutan K-pop mewabah di dunia, Indonesia pun ikut terjangkiti. Selain menawarkan kenikmatan, mereka pun membuat epigon dengan tujuan untuk lebih mendekatkan rasa kepada para penikmat hiburan di Tanah Air. Smash--Seven Man as Seven Heroes--disebut-sebut sebagai pelopor maraknya boy band di Indonesia barubaru ini. Seperti yang selalu terjadi di industri hiburan Tanah Air, kelompok yang mengikuti jejak mereka

MI/ADAM DWI

DIGILAI: Boy band Smash saat tampil di acara Social Media Festival, Jakarta, Sabtu (24/9). pun bertambah banyak. Tidak hanya kaum pria, tetapi juga perempuan yang disebut girl band. Maka, lahirlah nama-nama seperti Dragon Boyz, 3 in 1, Super 9 Boys (S9B), Hitz, Mr Bee, Cherrybelle, Mickey, dan Minnie. Daya pikat yang dihadirkan boy band dan girl band sering dikatakan sebatas memanjakan mata para penggemar. Hal itu diakui penyanyi dan musikus Maia Estianty. “Banyak boy band dan girl band yang cuma jago nge-dance doang, tetapi ketika tampil

live, suara mereka enggak karuan,” ungkapnya saat dijumpai di SCTV, beberapa waktu lalu. Nah, karena itu, kini banyak manajemen menerapkan proses latihan yang ketat, mulai olah vokal, koreografi, hingga public speaking. Melalui manajemen yang solid, kehadiran boy band dan girl band tak dianggap ‘karbitan’. “Kami mengikuti proses di training camp. Kami berlatih olah vokal hingga koreografi. Manajemen mau agar ketika kami tampil tidak

Hanya Tren Sesaat MESKI banyak suara minor ditujukan kepada eksistensi boy band dan girl band, toh belakangan keberadaan mereka diakui masyarakat. Buktinya, beberapa kelompok laris manis mendapat undangan untuk naik ke atas pentas, baik di Jakarta maupun di daerah-daerah. “Cukup banyak, bisa tampil setiap hari,” ungkap Cherly, dari manajemen Cherry Belle, beberapa waktu lalu. Pun demikian dengan Smash dan beberapa boy band lainnya. Maraknya boy band juga melahirkan banyak perusahaan rekaman baru yang tiba-tiba omzetnya melejit. Misalnya, Ancora Music yang menaungi Smash. Lewat kerja sama distribusi dengan Kentucky Fried Chicken, mereka berhasil menjual album sejumlah 300 ribu keping. Bahkan, beberapa label yang selama ini menjadi raja pada band Melayu juga mulai ikut-ikutan hijrah menangani boy band dan girl band. Sebut saja Nagaswara, yang sebelumnya sukses dengan band Wali. Untuk urusan ringback tone (RBT), hasilnya memang tak seberapa menjulang. Hingga bulan ini, penjualan album justru mengalami penurunan secara drastis. Terlebih boy band dan girl band memang lebih enak dilihat

asal-asalan,” ujar Rangga Dewamoela Soekarta, salah satu personel Smash, di Kedoya, Jakarta, dua pekan lalu. Smash memang kini serius dalam penampilan di atas panggung. Pada saat tampil di sebuah acara di Metro TV, misalnya, mereka begitu mempersiapkan penampilan sebelum naik ke pentas. Selain Rangga, kelompok tersebut dihuni Rafael Landry Tanubrata, Morgan Oey, Dicky Muhammad Prasetya, Bisma Karisma, M Reza

Anugrah, dan M Ilham Fauzi. Sesi olah vokal pun mereka perhatikan. Hal itu untuk mendapatkan ritme yang kompak di atas panggung. “Manajemen harus diperhatikan. Ini berguna agar Smash bisa bertahan di tahun-tahun mendatang,” timpal manajer Smash, Syahmedi Dean. Wajah mirip Proses pembentukan boy band dan girl band tak bisa dipisahkan dari wajah yang mirip dengan orang Korea.

Hal itu diakui Dean sebagai terobosan untuk memberikan hiburan kepada khalayak. “Wajahnya harus imut dan kelihatan mirip Korea,” ujar Dean. Meski begitu, tetap saja rasa Melayu atau Indonesia masih ada. Demi mendapatkan kesan Korea, beberapa boy band bahkan menarik orang Korea untuk bergabung. Contohnya Hitz, yang mengajak seorang model Korea, Lee Jung-hon, untuk menjadi salah seorang personel. Cewek pun tak mau ketinggalan. Sebut saja girl band 7 Icons. Lewat single Playboy yang diunggah ke Youtube, mereka melejit. Sesuai namanya, girl band ini beranggotakan tujuh cewek cantik. Yakni, Angela Tee, Grace Wohangara, Linzy, Mezty, Natly, PJ, dan Vanila. Kini, kehadiran mereka kerap dinantikan dengan bayaran hingga nominal Rp60 juta sekali manggung. Manajemen yang andal, diakui 7 Icons, juga diterapkan agar mereka bisa bertahan di tengah kehadiran kelompok-kelompok lainnya. “Kami perlu menjaga kekompakan saja,” tutur Grace pada suatu kesempatan. Keberhasilan lain, yang membawa band-band tersebut cepat dikenal, ialah lagu-lagu mereka yang sederhana, bahkan terkesan mengulangulang tetapi mempunyai banyak hook--bagian lagu yang cepat diterima telinga dan gampang diingat. Seperti ‘Playboy... playboy...’ milik 7 Icon atau ‘You know me so well...’ milik Smash. Lewat musik yang rancak, mudah diikuti, dipahami, dan dihafalkan, didukung tata gerak yang baik serta busana yang menarik dan trendi, boy band dan girl band pun terus bergulir. Sampai kapan? Entah. Sebab kita tahu penggemar hiburan di Tanah Air mudah tergiring tren musik yang bergulir. (M-4) miweekend@mediaindonesia.com

Demi Menjaring Personel Berkualitas

• 3 IN 1 MI/ERI ANUGERAH

ketimbang didengar. “Untuk RBT juga ikut turun hingga 80%,” ujar pengamat musik Remy Soetansyah di Jakarta, akhir pekan ini. Ia menjelaskan penurunan penjualan album menjalar hingga ke semua genre musik, dari rock hingga pop. “Penjualan album sedang dalam masa lesu. Jadi, boy band dan girl band bisa meraup keuntungan hanya dari manggung atau konser saja,” jelas Remy. Gencarnya boy band menembus pasar musik Tanah Air diyakini tak akan bertahan lama. Salah satu faktor penyebabnya ialah kualitas vokal yang tidak seberapa. Untuk itu, perlu pemilihan personel yang tidak sekadar ganteng atau cantik. Remy memperkirakan tren boy band akan lesu pada beberapa tahun mendatang. “Penjualan album masih akan tetap minim hingga 2012. Saya khawatir, boy band dan girl band

Pendiri: Drs. H. Teuku Yousli Syah MSi (Alm) Direktur Utama: Rahni Lowhur-Schad Direktur Pemberitaan: Saur M. Hutabarat Direktur Pengembangan Bisnis: Alexander Stefanus Dewan Redaksi Media Group: Elman Saragih (Ketua), Ana Widjaya, Andy F.Noya, Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Djafar H. Assegaff, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Saur M. Hutabarat, Sugeng Suparwoto, Suryopratomo, Toeti Adhitama Redaktur Senior: Elman Saragih, Laurens Tato, Saur M. Hutabarat Deputi Direktur Pemberitaan: Usman Kansong Kepala Divisi Pemberitaan: Kleden Suban Kepala Divisi Content Enrichment: Gaudensius Suhardi Deputi Kepala Divisi Pemberitaan: Abdul Kohar Sekretaris Redaksi: Teguh Nirwahyudi Asisten Kepala Divisi Pemberitaan: Ade Alawi, Fitriana Siregar, Haryo Prasetyo, Ono Sarwono, Rosmery C.Sihombing Asisten Kepala Divisi Foto: Hariyanto

akan mengalami mati kembali,” jelasnya. Keberhasilan boy band dan girl band belakangan ini memang kebanyakan hanya melalui televisi dan panggung, lewat penampilan yang membuai mata ketimbang kemerduan suara untuk didengarkan. Di Indonesia, pengaruh pop asing memang begitu mendominasi. Pada era 1970-an, ada pop Inggris. Memasuki era 1990-an, ada pop Jepang. Lalu, pada era 2000-an, bermunculan pop Korea (K-pop). “Terakhir ini ada pop India yang akan merambat ke pasar pop nasional. Saya kira boy band dan girl band akan memiliki tren berbeda nantinya,” ungkap Remy. Ia pun menyayangkan banyak kelompok hanya menjiplak dan mengekor gaya pop luar. “Saya yakin lima tahun ke depan, kelompok ini tidak berkibar lagi,” cetusnya. (Iwa/M-4)

Redaktur: Agus Mulyawan, Anton Kustedja, Cri Qanon Ria Dewi, Eko Rahmawanto, Eko Suprihatno, Hapsoro Poetro, Henri Salomo Siagian, Ida Farida, Jaka Budisantosa, Mathias S. Brahmana, Mochamad Anwar Surahman, Sadyo Kristiarto, Santhy M. Sibarani, Soelistijono Staf Redaksi: Adam Dwi Putra, Agung Wibowo, Ahmad Maulana, Ahmad Punto, Akhmad Mustain, Amalia Susanti, Andreas Timothy, Aries Wijaksena, Aryo Bhawono, Asep Toha, Basuki Eka Purnama, Bintang Krisanti, Cornelius Eko, Denny Parsaulian Sinaga, Deri Dahuri, Dian Palupi, Dinny Mutiah, Dwi Tupani Gunarwati, Edwin Tirani, Emir Chairullah, Eni Kartinah, Eri Anugerah, Fardiansah Noor, Fidel Ali Permana, Gino F. Hadi, Heru Prihmantoro, Heryadi, Iis Zatnika, Irana Shalindra, Irvan Sihombing, Iwan Kurniawan, Jajang Sumantri, Jerome Eugene W, Jonggi Pangihutan M., K. Wisnubroto, M. Soleh, Mirza Andreas, Mohamad Irfan, Muhamad Fauzi, Nurulia Juwita, Panca Syurkani, Raja Suhud V.H.M, Ramdani, Ratna Nuraini, Rommy Pujianto, Selamat Saragih, Sidik Pramono, Siswantini Suryandari, Sitriah Hamid, Sugeng Sumariyadi, Sulaiman Basri, Sumaryanto, Susanto, Syarief Oebaidillah, Thalatie Yani, Tutus Subronto, Usman Iskandar, Wendy Mehari, Windy Dyah Indriantari, Zubaedah Hanum Biro Redaksi: Dede Susianti (Bogor) Eriez M. Rizal (Bandung); Kisar Rajagukguk (Depok); Firman Saragih (Karawang); Yusuf Riaman (NTB); Baharman (Palembang); Parulian Manulang (Pa-

TREN musik sah-sah saja diikuti negara mana pun, termasuk Indonesia. Demam K-pop yang melanda dunia diadaptasi sedemikian rupa oleh industri musik Tanah Air. Penggemar pun membanjir, tapi tak sedikit pula yang mencemooh. Pasalnya, tren yang mensyaratkan kemampuan menyanyi, menari, dan tampil ini masih berwujud setengahsetengah di Tanah Air. Kemampuan menari dan tampil masih bisa ditoleransi, tapi menyanyi? “Saya akui kualitas menyanyi boy band dan girl band Indonesia agak kurang. Kalau diperhatikan banyak yang suaranya bagus, tapi jika tampil dalam siaran langsung, suara mereka jadi kacau,” ujar Harsiwi Achmad, direktur programing dan produksi SCTV. Hal tersebut ditengarai karena cukup sulit memadukan antara menari dan menjaga kualitas suara dalam waktu bersamaan. “Mereka perlu latihan ekstra, saya amati ada di antara mereka yang benar-benar bagus di menyanyi, kurang di menari, atau sebaliknya. Kabar baiknya, mereka giat latihan dan latihan,” kata Harsiwi. Audisi Mempertahankan vokal sambil menari memang membutuhkan latihan panjang. Coba saja tengok

dang); Haryanto (Semarang); Widjajadi (Solo); Faishol Taselan (Surabaya) MICOM Asisten Kepala Divisi: Tjahyo Utomo, Victor J.P. Nababan Redaktur: Agus Triwibowo, Asnawi Khaddaf, Patna Budi Utami, Widhoroso Staf Redaksi: Heni Rahayu, Hillarius U. Gani, Nurtjahyadi, Prita Daneswari, Retno Hemawati, Rina Garmina, Rita Ayuningtyas, Yulia Permata Sari, Wisnu Arto Subari Staf: Abadi Surono, Abdul Salam, Budi Haryanto, Charles Silaban, M. Syaifullah, Panji Arimurti, Rani Nuraini, Ricky Julian, Vicky Gustiawan, Widjokongko DIVISI TABLOID, MAJALAH, DAN BUKU (PUBLISHING) Asisten Kepala Divisi: Gantyo Koespradono, Jessica Huwae Redaktur: Agus Wahyu Kristianto, Lintang Rowe, Regina Panontongan Staf Redaksi: Adeste Adipriyanti, Arya Wardhana, Handi Andrian, Nia Novelia, Rahma Wulandari CONTENT ENRICHMENT Asisten Kepala Divisi: Yohanes S. Widada Periset: Heru Prasetyo (Redaktur), Desi Yasmini S Bahasa: Dony Tjiptonugroho (Redaktur), Aam Firdaus, Adang Is-

• 7 ICONS DOK PRIBADI

di Korea Selatan, boy band maupun girl band mengikuti audisi sejak usia SD dan SMP, kemudian latihan di manajemen selama bertahun-tahun. Misalnya, anggota boy band Super Junior yang dilatih mulai dua sampai belasan tahun. Wajar jika kualitas mereka luar biasa. Dalam menyambut positif dinamika industri musik tersebut, SCTV mengadakan audisi boy band dan girl band di beberapa kota besar. “Tujuan diadakan audisi ini untuk menjembatani kualitas boy band dan girl band. Kami mencari talenta muda yang mempunyai komposisi seimbang dalam nyanyi, menari, dan penampilan. Nanti boy band dan girl band yang sudah ada akan terpacu semakin memperbaiki kualitas me-

kandar, Mahmudi, Ni Nyoman Dwi Astarini, Riko Alfonso, Suprianto ARTISTIK Redaktur: Annette Natalia, Donatus Ola Pereda, Gatot Purnomo, Marjuki, Prayogi, Ruddy Pata Areadi Staf Redaksi: Ali Firdaus, Ananto Prabowo, Andi Nursandi, Aria Mada, Bayu Wicaksono, Budi Setyo Widodo, Dharma Soleh, Endang Mawardi, Fredy Wijaya, Gugun Permana, Hari Syahriar, Haris Imron Armani, Haryadi, Lisa Saputra, Marionsandez G, M. Rusli, Muhamad Nasir, Muhamad Yunus, Nana Sutisna, Novi Hernando, Nurkania Ismono, Permana, Putra Adji, Tutik Sunarsih, Warta Santosi Olah Foto: Saut Budiman Marpaung, Sutarman. PENGEMBANGAN BISNIS Kepala Divisi Marketing Communication: Fitriana Saiful Bachri Kepala Divisi Marketing Support & Publishing: Andreas Sujiyono Asisten Kepala Divisi Iklan: Gustaf Bernhard R Perwakilan Bandung: Arief Ibnu (022) 4210500; Medan: Joseph (061) 4514945; Surabaya: Tri Febrianto (031) 5667359; Semarang: Desijhon (024) 7461524; Yogyakarta: Andi Yudhanto (0274) 523167; Palembang: Andi Hendriansyah, Ferry Mussanto (0711) 317526, Pekanbaru: Bambang Irianto 081351738384. Telepon/Fax Layanan Pembaca: (021) 5821303, Telepon/ Fax

reka agar tidak kalah bersaing dengan yang baru,” tukas Harsiwi. “Selanjutnya, mereka akan mendapatkan didikan komplet dari guru olah vokal, tutor dance, pakar stylist, dan psikolog. Setelah mereka menang akan terus dibina,” lanjut Harsiwi. Nama-nama seperti Melly Goeslaw, Maia Estianti, Dewi Sandra, dan Syahrini didapuk menjadi mentor bagi boy band dan girl band tersebut. Setelah mendapatkan delapan finalis, setiap mentor akan mendampingi dua boy band dan girl band. Apakah audisi ini akan menghasilkan boy band dan girl band yang lebih berkualitas? Kita tunggu saja. (*/M-4)

Iklan: (021) 5812107, 5812113, Telepon Sirkulasi: (021) 5812095, Telepon Distribusi: (021) 5812077, Telepon Percetakan: (021) 5812086, Harga Langganan: Rp67.000 per bulan (Jabodetabek), di luar P. Jawa + ongkos kirim, No. Rekening Bank: a.n. PT Citra Media Nusa Purnama Bank Mandiri - Cab. Taman Kebon Jeruk: 117-009-500-9098; BCA - Cab. Sudirman: 035-306-5014, Diterbitkan oleh: PT Citra Media Nusa Purnama, Jakarta, Alamat Redaksi/Tata Usaha/Iklan/ Sirkulasi: Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat - 11520, Telepon: (021) 5812088 (Hunting), Fax: (021) 5812102, 5812105 (Redaksi) e-mail: redaksi@mediaindonesia.com, Percetakan: Media Indonesia, Jakarta, ISSN: 0215-4935, Website: www. mediaindonesia.com, DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK, WARTAWAN MEDIA INDONESIA DILENGKAPI KARTU PERS DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA ATAU MEMINTA IMBALAN DENGAN ALASAN APA PUN


S PORT

6

MINGGU, 30 OKTOBER 2011

Levante Ingin TahanTim Elite

KISI-KISI Bhakti Idhata Bisa Jadi Juara Lagi CILANDAK Sport Center, Jakarta, kemarin dipenuhi ratusan peserta dan suporter Milo Sereal Sarapan Futsal Cup. Mereka hadir untuk meramaikan kompetisi futsal antar-SMP yang resmi dibuka kemarin oleh Brand Manager Sereal Sarapan Nestlé, Tyas Apsari Widyastuti. “Melalui kompetisi ini diharapkan para peserta dapat belajar nilai positif seperti menjunjung tinggi sportivitas,” kata Tyas. Turnamen ini berlangsung pada 29-30 Oktober 2011 dan diikuti 32 SMP dari Jakarta dan Bekasi. Total hadiah yang diperebutkan Rp15 juta. Juara tahun lalu SMP Bhakti Idhata, kemarin, berhasil lolos ke semifinal setelah mengalahkan SMP Fatahilah 6–0. Runner-up tahun lalu, SMPN 20 Jakarta, juga lolos ke babak berikutnya setelah mengalahkan SMP AlIkhlas 3-0. Unggulan pertama SMP 109 Jakarta Timur kalah dari tim nonunggulan MTSN 1 Jakarta dengan skor 5-9. Hari pertama MILO Sereal Sarapan Futsal dimeriahkan oleh Jugler Free Style Indonesia, yang unjuk kebolehan memainkan keterampilan bola. (Yan/R-2)

Osasuna belum terkalahkan di kandangnya dalam tujuh pertandingan terakhir. DENNY P SINAGA

L

Warnock Bisa Gantikan Capello PELATIH QPR Neil Warnock dinilai pantas menggantikan Fabio Capello jika kontraknya berakhir seusai Euro 2012. “Pelatih QPR Neil Warnock memiliki kemampuan untuk menjadi pelatih tim nasional Inggris bila Fabio Capello mundur dari jabatannya,” kata Manajer Tottenham Harry Redknapp, Jumat (28/10). Warnock telah membawa QPR naik promosi ke jenjang kompetisi elite liga utama musim lalu dan saat ini timnya sudah berada di urutan ke-10 klasemen setelah menang 1-0 atas Chelsea pekan lalu. Redknapp sebenarnya menjadi favorit menggantikan Capello, tetapi dia berpikir mantan pelatih Sheffield United tersebut pantas menempati posisi itu. “Bila Anda memiliki pemain bagus, Anda memiliki peluang. Neil sudah melakukan secara fantastik. Ketika ia masuk ke sana (QPR) dan membawa mereka ke atas dalam satu musim, perlu pemikiran yang hebat. Saya kira ia pantas mendapatkan pekerjaan itu,” katanya. (Yan/R-2)

REUTERS/HEINO KALIS

MEMBUAT KEJUTAN: Ruben Suarez Estrada menjadi pencetak gol kemenangan Levante di masa injury saat mengalahkan Sociedad 3-2. Martinez berharap Suarez membuat kejutan lagi di kandang Osasuna.

EVANTE ingin mempertahankan posisinya di puncak klasemen untuk menahan Barcelona dan Real Madrid. Peluang untuk mewujudkan itu terbuka saat bertandang ke Reyno de Navarra, kandang Osasuna. Kemenangan kedelapan sekaligus menjadi ujian konsistensi Levante. Meskipun berada di peringkat 11, Osasuna sulit dikalahkan di kandangnya. Dalam tujuh pertandingan terakhirnya di kandang, mereka belum terkalahkan. Tim berjuluk Rojillos ini hanya kehilangan 4 poin dari 21 poin maksimal dalam tujuh laga kandangnya dengan lima kali menang dan dua kali seri. Sepanjang sejarah pertemuan dua klub baik di kandang Osasuna ataupun kandang sendiri, Granotes--julukan Levante-selalu mencetak gol. Meskipun selalu mencetak gol, Levante hanya menang sekali dari empat pertemuan di kandang Osasuna. Kemenangan itu terakhir kali ditorehkan Levante pada 31 Oktober 2004. Saat itu Levante menang 1-0. Dalam tiga dari empat pertemuan dengan Levante, Osasuna menang dua kali dan sekali seri. Fakta menarik mengiringi langkah Levante ke kandang Osasuna, yakni Levante selalu unggul lebih dulu saat jeda. Sejauh ini, Levante telah mengejutkan Liga Spanyol dan liga-liga Eropa. Sejak mengalahkan Real Madrid pertengahan September lalu, Levante

Siaran Langsung Minggu (30/10)

Osasuna Vs Levante 22.00 WIB

Tottenham Vs QPR 23.00 WIB Senin (31/10)

Santander Vs Betis 00.00 WIB Atletico Vs Zaragoza 02.00 WIB

Cagliari Vs Lazio 02.45 WIB Selasa (1/11)

Sevilla-Granada 03.00 WIBB belum terkalahkan. Meskipun tes sebenarnya Levante adalah saat melawan Madrid, rekor tujuh kali menang berturut-turut tidak bisa dianggap sepele. Levante kini telah menjelma menjadi tim dengan pertahanan terbaik kedua. Levante baru kebobolan lima gol, lebih baik daripada Madrid yang sudah kebobolan enam gol.

Martinez Ajak Pemain ke Alam Mimpi “PARA pemain Levante-ku sedang hidup di alam mimpi.” Demikian kata pelatih Levante, Juan Ignacio Martínez, pada konferensi pers Jumat (28/10). “Saya berharap ini bertahan lama,” ujarnya. “Apa yang kami raih sekarang mesti dinikmati sebaik mungkin. Bisa jadi ini akan segera berakhir.” Martínez alias JIM (inisial dari nama lengkapnya) baru menangani Levante sejak 9 Juni lalu. Dia ditunjuk menggantikan Luis Garcia yang dibajak Getafe. JIM yakin tim mana pun punya kelebihan baik itu besar

atau kecil bujetnya. Pelatih berusia 56 tahun ini punya resep khusus untuk mengangkat permainan tim. Dia yakin seluruh pemain ini harus dibuat lebih padu permainannya. Hal itu tampaknya tidak mudah mengingat para pemain yang ‘diberikan’ kepadanya ratarata pemain sudah berumur dan hampir memasuki usia pensiun. Maklumlah usia ratarata skuat Martinez adalah 32 tahun. Ini usia rata-rata tertua dalam sejarah La Liga. “Tim kami diisi oleh sekelompok pemain berpengalaman yang menikmati bermain

sepak bola di era sebelumnya,” ujar JIM. “Melawan tim mana pun kini kami tidak takut.” Siapa sangka tim berbujet 21 juta pound (Rp258,48 miliar) itu merajai klasemen Liga Spanyol. Kemenangannya yang ketujuh pekan lalu yang dicatat atas Real Sociedad mengantarkan Granotes alias the Frog ke puncak La Liga. “Kami beruntung,” tutur Ruben Suarez Estrada yang mencetak gol kemenangan Levante di masa injury. Tim ini sementara menyeruak di tengah persaingan Real Madrid dan Barcelona. Levante unggul sementara dengan 23

Fakta itu membuat pelatih Juan Ignacio Martinez optimistis. “Semua pemain ingin bermain jujur. Saya telah memastikan kondisi para pemain dalam keadaan baik. Saya tidak akan mengubah apa yang ada sekarang,” ujarnya, kemarin. Di laga terakhirnya, Martinez memasang starting line-up yang berusia rata-rata 31 tahun 3 bulan. Itu usia rata-rata tertua di lima liga terbaik Eropa musim ini. Sebelumnya Fulham pernah memainkan skuat dengan ratarata usia 30 tahun 5 bulan. Jinakkan Levante Osasuna menghadapi tugas berat malam ini. Tugas berat itu bukan menjamu Real Madrid ataupun juara bertahan Barcelona. Skuat Jose Luis Mendilibar yang berada di papan tengah akan berhadapan dengan Levante, ‘si pembuat kejutan’ musim ini. Setelah lolos dari degradasi musim lalu, Levante musim ini hadir bak badai. Setiap pasang mata akan menyaksikan apakah Osasuna berhasil menghentikan laju kemenangan Levante, atau sebaliknya berakhir seperti Real Madrid, Espanyol, Malaga, dan Villarreal yang gagal menjinakkan Levante. Terakhir main di kandang, Osasuna melumat Real Zaragoza 3-0. Atmosfer kemenangan yang ingin dipertahankan Mendilibar malam ini. “Saya menginginkan kemenangan saat menjamu Levante meskipun saya harus mengubah permainan tim,” ungkapnya dalam situs resmi klub. (R-2) denny@mediaindonesia.com

Juan Ignacio MartÌnez (JIM)

poin hasil sembilan laga. Unggul satu dari Madrid di posisi kedua dan dua angka dari Barcelona di peringkat tiga. Mantan pelatih Cartagena itu berharap apa yang diraih timnya saat ini tidak menjadi beban tim. Raihan ini merupakan catatan tersendiri karena baru pertama terjadi sejak Levante dibentuk pada 1909 atau 102 tahun lalu. ( Ya n / Berbagai Sumber/R-2)

Tanggal Lahir : 1 Januari 1955

Karier Kepelatihan : Alicante 1997 AD Mar Menor-San Javier 2001-2005 FC Cartagena (III) 2005-2006 UD Salamanca (II 2007-2008 Albacete (II) 2008-2009 Cartagena (II) 2009-2010 Levante UD 9 Juni 2011-sekarang

REUTERS/HEINO KALIS

SEBELUM berangkat liburan ke Pantai Anyer, Kabupaten Serang, timnas U-23 akan berlatih sekali lagi di Stadion Krakatau Steel, Kota Cilegon, Provinsi Banten. “Sebelum bertolak ke Pantai Anyer untuk liburan selama dua hari, timnas U-23 akan melakukan latihan sekali lagi di Stadion Krakatau Steel,” kata pelatih timnas U-23, Rahmad Darmawan, kemarin.

Timnas U-23 Lakukan Penyegaran di Cilegon Ia menjelaskan skuatnya kembali berlatih di Stadion Krakatau Steel dengan membawa perubahan berarti. Hal itu, menurutnya, telah terbukti dari hasil beberapa uji coba pertandingan. Terakhir saat melawan Persikota Tangerang, timnas U-23 menang dengan

skor akhir 5-0. “Memang dari hasil pertandingan dengan Persikota pada Jumat (28/10) sore perlu dievaluasi karena ada kesalahan yang dilakukan oleh timnas U-23,” katanya. Kesalahan tersebut, katanya, adalah kurangnya kontrol dari

pemain yang ada saat melakukan penyerangan. Hal itu mengakibatkan bola tidak bisa masuk ke gawang lawan. “Misalkan saat menyerang ke pertahanan Persikota, seharusnya saat melakukan penekanan ke tim lawan, ada lima orang, tetapi ini hanya ada tiga,” kata-

nya menambahkan. Latihan di Stadion Krakatau Steel yang terakhir kali ini, tambahnya, akan dijadwalkan pada pagi hari selama 2 jam. “Setelah menginap dan berlibur di hotel selama dua hari, kami langsung bertolak lagi ke Jakarta untuk pertandingan

LENSABISNIS

SEA Games,” tambahnya. Di SEA Games 2011, Indonesia berada di grup maut, Grup A, bersama Thailand, Malaysia, Singapura, dan Kamboja. Pada pertandingan pertama, Garuda Muda akan melawan Kamboja pada 9 November di Stadion Utama Gelora Bung

Karno. Selanjutnya, Yongki Aribowo dan kawan-kawan akan menghadapi Singapura pada 13 November, Thailand pada 15 November, serta kontra Malaysia pada 17 November. Adapun Grup B yang akan berlaga di Stadion Lebak Bulus dihuni tim kuat Vietnam dengan empat kuda hitam, yaitu Laos, Timor Leste, Myanmar, Brunei Darussalam, dan Filipina. (Ant/R-4)

HUBUNGI KAMI BAGIAN IKLAN: 021 580 1480

Canon Pertahankan Predikat Terbaik ICSA 2011

The Miracle 9th Hotel Pandanaran Semarang

The Papandayan Donor Darah Bersama Prajurit TNI

Printer Canon sukses mempertahankan predikat terbaik mereka pada ajang Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) 2011 untuk yang ke-8 kalinya, sejak 2004. Penilaian didasarkan tingkat kepuasan terhadap merek yang pernah digunakan atau dikonsumsi .Ini diukur dari empat parameter, yaitu kepuasan pelanggan terhadap kualitas produk atau jasa, kepuasan terhadap harga yang mereka bayar, keyakinan pelanggan bahwa merek yang telah mereka gunakan merupakan merek terbaik dalam hal kepuasan konsumen, dan pengukuran harapan pelanggan terhadap suatu merek akan kemampuannya dalam memberikan kepuasan di masa mendatang. Untuk keperluan itu, ICSA 2011 menyurvei enam kota besar di Indonesia.

DALAM rangka HUT ke-9 Hotel Pandanaran Semarang yang bertajuk The Miracle 9th, telah diadakan beberapa kegiatan seperti donor darah yang digelar Sabtu (22/10) dan family gathering pada Minggu (23/10). Melalui kerja sama dengan PMI Jawa Tengah, sebanyak 109 kantong darah terkumpul dalam acara donor darah. “Hotel Pandanaran Semarang juga mendapatkan penghargaan khusus dari PMI sebagai wujud terima kasih karena rutin mengadakan kegiatan donor darah, dua kali dalam setahun,” terang Mytha Adelina, Public Relations Officer of Hotel Pandanaran Semarang. Sementara itu, kegiatan family gathering yang dibarengi dengan pemilihan Karyawan Terbaik 2011 merupakan kegiatan sepeda santai khusus untuk karyawan dan keluarga Hotel Pandanaran.

THE Papandayan kembali menggelar aksi donor darah di Cimanuk Room, Minggu (23/10). Kegiatan yang bekerja sama dengan Rotary Club Bandung, Rotaract Bandung, Kodam III/ Siliwangi, dan PMI Kodya Bandung ini bagian dari program corporate social responsibility (CSR), yang menjadi agenda rutin The Papandayan. Dalam aksi itu, sebanyak 200 prajurit Kodam III/Siliwangi, pengurus Rotary Club Bandung, Rotaract Bandung, staf dan karyawan The Papandayan, beserta tamu-tamu hotel turut ambil bagian. Para prajurit yang mendonorkan darah berasal dari kesatuan Brigif sebanyak 50 orang, prajurit Kodim 0609/Cimahi 50 orang, Yon Zipur-3/YW 75 orang, dan prajurit Yon Armed 105/GS 75 orang.


S PORT

MINGGU, 30 OKTOBER 2011

7

ANTARA/ALEXANDER W LOEN

TARIAN KEMENANGAN: Mantan atlet asal Papua Mely Mofu membawa obor SEA Games XXVI didampingi sejumlah penari yang menampilkan tarian kemenangan kirab obor menuju Kantor Gubernur Papua, di Jayapura, Papua, kemarin. Jayapura menjadi kota kelima setelah Pulau Komodo yang menjadi persinggahan obor SEAG XXVI.

EFI Duga Ada Upaya Gagalkan Ekuestrian Kuda yang akan dibawa ke Indonesia dapat divaksin di negara masing-masing. EKO SUPRIHATNO

P

ERSETERUAN yang menyeruak dalam olahraga berkuda nasional bisa berdampak pada laga SEA Games (SEAG) XXVI yang tinggal hitungan hari saja. Adalah Equestrian Federation of Indonesia (EFI) yang menduga ada upaya ingin menggagalkan ekuestrian dipertandingkan di SEAG nanti. Presiden EFI Irvan Gading mengatakan adanya surat dari PP Pordasi ke Federasi Ekuestrian Internasional tentang pentingnya vaksinasi hewan

ternak kuda merupakan bukti kuat adanya upaya dari pihak Pordasi yang ingin menggagalkan cabang ini di SEAG. ‘’Jika ekuestrian ini tetap dipertandingkan akan membahayakan kuda-kuda dari negara peserta karena regulasi Indonesia tidak mengenal vaksin influenza,’’ kata Irvan menerjemahkan isi surat Pordasi yang dikirimkan ke Federasi Ekuestrian Internasional. Irvan menambahkan persoalan ekuestrian sudah tidak ada kaitan lagi dengan Pordasi karena organisasi ini sudah resmi berpisah dari Pordasi. ‘’Yang terlibat di sini adalah EFI bukan Pordasi. Jadi buat apa Pordasi ikut campur permasalahan internal kami,’’ tambah Irvan di Jakarta, kemarin. Langkah melayangkan surat ke Federasi Ekuestrian Internasional dinilai EFI bisa

mencederai nama Indonesia sebagai tuan rumah SEAG. Sebab surat tersebut ditembuskan ke seluruh negara peserta SEAG. ‘’Mungkin harapannya agar mereka mengurungkan niat tampil di SEAG. Ini kan tidak baik,’’ papar Irvan. Lebih lanjut Irvan mengemukakan surat Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian yang ditandatangani Dr Prabowo Prasetyo menyebutkan Indonesia tidak mengenal influenza kuda. Bahkan dalam surat tertanggal 5 Oktober 2011 itu, Kementerian Pertanian mempersilakan agar kuda yang akan dibawa ke Indonesia dapat divaksin di negara masingmasing. Cabang ekuestrian SEAG digelar di Arthayasa Stable, Depok, Jawa Barat, 14–21 November, yang diikuti Thailand,

Malaysia, Filipina, Myanmar, dan Indonesia. Obor di Papua Sementara itu, dari kirab obor SEAG, mantan atlet atletik sekaligus peraih medali emas asal Papua Melly Mofu menjadi duta obor pada torch relay untuk diarak keliling Kota Jayapura, Papua. Ketua Harian KONI Papua HE Mackbon di Jayapura, kemarin, mengatakan obor yang tiba di Bandara Sentani pukul 07.00 WIT langsung diarak menuju Kota Jayapura. “Setelah tiba di bandara, obor langsung di arak menuju kantor KONI yang kemudian diambil alih Melly Mofu untuk diarak menuju Kantor Gubernur Provinsi Papua,” katanya. (Ant/R-4) suprihatno @mediaindonesia.com

Pegolf Asia Mulai Unjuk Gigi DI tengah nama-nama besar pegolf dunia, atlet Malaysia Danny Chia mencuri perhatian pada putaran ketiga turnamen golf CIMB Asia Pacific Classic di The Mines Resort & Golf Club, Kuala Lumpur, Malaysia, kemarin. Danny, 39, yang sejak awal mengaku tidak punya target muluk-muluk itu membukukan pukulan 5 di bawah par 66. Dengan hasil tersebut, ia untuk sementara sukses menduduki peringkat kelima (tied) bersama mantan pegolf nomor satu dunia Vijay Singh (Fiji)

dan Jason Dufner (Amerika Serikat) setelah sama-sama mengumpulkan total pukulan 11 di bawah par 202. ‘’Saya memang selalu gugup di lima lubang pertama belakangan ini, termasuk hari ini (kemarin). Apalagi saya berpasangan dengan salah satu pegolf legendaris dunia,’’ kata Danny yang berpasangan (pairing) dengan Singh di putaran ketiga, seperti dilaporkan wartawan Media Indonesia Achmad Maulana. ‘’Setiap lubang yang saya pukul, saya merasa dia (Vijay)

memperhatikan. Ini membuat saya tambah gugup,’’ imbuhnya. Sebaliknya pegolf AS Jeff Overton gagal mempertahankan posisinya di puncak klasemen setelah hanya mampu mencetak pukulan 2 di bawah par 69 pada putaran ketiga. Jeff harus menyerahkan posisi terhormat itu kepada rekan senegaranya, Bo Van Pelt. Di putaran ketiga Van Belt mencetak pukulan 4 di bawah par 67. Dengan demikian, pegolf berusia 36 tahun itu total mengumpulkan pukulan 16

di bawah par 197, unggul satu pukulan atas Overton. Adapun posisi ketiga ditempati dua pegolf, Mark Wilson (AS) dan Fredrik Jacobson. Keduanya sama-sama mengumpulkan pukulan 13 di bawah par 200. ‘’Saya berusaha untuk tidak melakukan kesalahan lagi setelah membuat bogey di dua hole pertama,’’ tutur Van Pelt selepas pertandingan. Pada awal-awal permainan, juara PGA Tour ’s 2009 US Bank Championship itu memang tampak gugup. (Mln/R-2)

SEKILAS GELANGGANG Vettel Dekati Rekor Mansell POSISI sebagai juara dunia 2011 tidak menjadikan Sebastian Vettel mengendurkan gas untuk melahap seri tersisa musim ini. Dalam kualifikasi GP India di Sirkuit Buddh International, Noida, India, kemarin, pembalap Red Bull itu menempati posisi start terdepan. Vettel mencatat waktu terbaik 1 menit 24,178 detik. Posisi selanjutnya ditempati pembalap McLaren-Mercedes Lewis Hamilton (1:24,478) dan rekan satu tim Vettel, Mark Webber (1:24,508). Buat pembalap asal Jerman tersebut, itu merupakan pole ke-13 dari 17 seri yang sudah digelar pada musim 2011. Ia juga bersiap mematahkan rekor 14 pole milik Nigel Mansell (Inggris) pada 1992 dalam satu musim. Dua seri tersisa akan berlangsung di Abu Dhabi (13/11) dan Sao Paulo (27/11). (Rtr/R-2)

Alvin Bahar Targetkan Juara

MI/M IRFAN

TURNAMEN BII INDONESIA OPEN: Petenis kursi roda Taiwan Wu Yi Shan mengembalikan bola ke arah lawan pada laga semifinal BII Whell Chair Indonesia Open 2011 di Lapangan Tenis Manahan, Solo, Jawa Tengah, kemarin. Bersama Lu Chia Yi, ia mengalahkan pasangan ganda Indonesia Yoyoh dan Sriatun 8-0.

PERSAINGAN ketat bakal terjadi di seri kelima Indonesian Series of Motorsport (ISOM) di kelas bergengsi GT Radial Touring Car Championship di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, hari ini. Pasalnya, selisih poin antarpembalap begitu tipis sehingga dipastikan semua pembalap di lintasan akan tampil all out. Juara nasional tiga kali beruntun Alvin Bahar yang membela tim Honda Fastron kini berada di posisi kedua klasemen sementara dengan 42 angka. Ia hanya berselisih 5 poin dari Haridarma Manoppo yang memuncaki klasemen (47). Adapun posisi ketiga ditempati Fitra Eri (40). ‘’Kami sudah melakukan persiapan matang dan harus lebih baik lagi. Targetnya sudah pasti, pole position dan juara di dua seri sisa ini,’’ kata Alvin, kemarin. (*/R-2)


8

G REEN CONCERN

MINGGU, 30 OKTOBER 2011

Cat Ramah Lingkungan, Sehat dan Aman Diam-diam cat berpotensi meracuni karena kandungannya tidak hanya berbahaya bagi manusia, tapi juga alam.

ROSMERY SIHOMBING

B

ANGUNAN rumah, perkantoran, hotel, atau gedung lainnya tampak kurang indah bila tidak dicat. Perpaduan warna cat memberi keindahan tersendiri dalam setiap bangunan. Namun, tahukah Anda, sebagian besar cat ternyata menggunakan bahan-bahan kimia tidak ramah lingkungan dan berdampak buruk bagi kesehatan. Misalnya, cat tembok atau cat untuk interior yang mengandung alkyl pehnol ethoxilate atau Apeo. Bahan kimia tersebut ternyata berpengaruh negatif terhadap hormon reproduksi manusia. Begitu juga dengan lead chromate, pewarna yang dipakai di cat minyak dan cat air yang dapat menyebabkan

DOK PT PROPAN RAYA

LIMBAH: Instalasi pengolahan limbah PT Propan Raya. Sertifikasi hijau yang diberikan Singapore Green Label Scheme (SGLS) juga mengaudit sistem pengolahan limbah dan kualitas udara di sekitar pabrik.

MI/RULLY FIRDAUS

kanker. Merkuri dan timbel yang dipakai sebagai pengawet dalam cat air dan minyak dapat menyerang saraf manusia. “Sedangkan volatile organic content (VOC) yang dipakai sebagai pelarut pada cat minyak dan air dapat menyebabkan alergi, kanker, iritasi mata dan tenggorokan, serta mencemari lingkungan,” ujar Kris Rianto Adidarma, Vice President PT Propan Raya, saat mengumumkan perusahaan cat yang dipimpinnya mendapat sertifikasi Green Label dari The Singapore Green Labelling Scheme (SGLS), pekan lalu di Jakarta. Sertifikasi hijau Kris menambahkan, bahan kimia formaldehyde, yang kerap dipakai sebagai pengawet dan pengering cat, juga dapat menyebabkan iritasi pada lapisan mukosa manusia. Bahan-bahan kimia tersebut dipakai oleh ratusan perusahaan cat untuk interior dan eksterior yang ada di Indonesia. Tetapi PT Propan Raya mulai meninggalkan bahan-bahan berbahaya tersebut sejak satu dekade lalu dan menggantinya ke material yang ramah lingkungan dan aman buat kesehatan. Karena itulah, baru-baru ini peme-

rintah Singapura memberikan sertifikasi Green Label kepada perusahaan yang terletak di wilayah Tangerang, Banten, tersebut sebagai satu-satunya peraih serifikasi itu di antara ratusan produsen cat di Indonesia. Menurut Kris, sertifikasi itu diberikan secara sukarela oleh Singapore Environment Council (SEC) kepada produsen yang dapat membuktikan bahwa produk-produknya secara signifikan ramah lingkungan. “Sertifikat Singapore Green Label ini patut menjadi kebanggaan kita bersama, sebab memperolehnya tidaklah mudah. Tim sertifikasi harus melakukan penelitian dan uji coba dengan 18 kriteria yang sangat ketat,” jelas Kris. Salah satunya, lanjutnya, bahanbahan kimia yang dipakai harus ramah lingkungan, tidak menggunakan logam berat, tidak berbau, dan pengolahan limbahnya pun tidak mencemari lingkungan. Selain itu, sistem manajemen lingkungan, pengolahan limbah, dan kualitas udara sekitar pabrik juga terus diaudit oleh lembaga internasional. Singapore Green Label Scheme (SGLS), lanjut Kris, juga anggota Internasional Global Ecolabelling Network (GEN) yang diluncurkan

pada Mei 1992. Lembaga tersebut bertujuan mendukung produkproduk dan jasa bagi konsumen yang memiliki efek baik terhadap lingkungan. “SEC telah menyertifikasi lebih dari seribu produk-produk industri dan konsumen yang ramah lingkungan. Hal ini telah membuktikan bahwa produk-produk berlabel hijau (green) lebih mudah diterima konsumen atau rekan bisnis,” tambah Kris lagi. Kris mengatakan salah satu tujuan sertifikasi hijau dari SGLS adalah membantu masyarakat untuk lebih mudah mengidentifikasi produkproduk ramah lingkungan yang telah ditetapkan oleh badan sertifikasi tersebut. Produk-produk Propan yang sudah mendapat sertifikasi label hijau tersebut, antara lain cat tembok Eco Emulsion (interior). Saat ini, kata Kris lagi, untuk produk-produk cat eksterior juga sedang dalam proses sertifikasi hijau. “Produk kami dinyatakan ramah lingkungan karena kadar VOC-nya not detecting (ND), artinya lebih kecil daripada reporting limit,” jelas Kris. (M-2)

sejak awal PT Propan didirikan 32 tahun lalu, pendiri perusahaan Dr Hendra Adidarma, alumnus Technicshe Universitaet Stuttgart, Jerman, sudah concern terhadap lingkungan dan menjaga pengolahan limbah pabrik supaya tidak mencemari lingkungan. Selain itu, tambahnya, bahan baku dan teknologi dari Eropa yang digunakan perusahaan sudah menjadi tuntutan para konsumen dan pemerintah Jerman. “Jadi dari awal kami sudah berorientasi ke green,” ujar Yuwono lagi. Kris menambahkan sebelum mendapatkan sertifikasi hijau dari Singapura, Propan sudah lebih dulu meraih ISO 14001: 2004. Ketika ditanya mengapa bukan Indonesia yang memberikan sertifikasi hijau

buat produk-produknya, Kris men-jelaskan sampai saat ini Indonesia a belum memiliki lembaga untuk melakukan itu. “Yang ada dari Kementerian Lingkungan Hidup, tetapi itu lebih pada proses produksinya yang tidak boleh mencemari lingkungan, sedangkan untuk produk belum ada. Tetapi dalam ISO itu juga sudah mencakup produk,” ujar Kris. Gerakan hijau Selain berkomitmen memproduksi produk ramah lingkungan, Propan juga ikut aktif dalam mendukung gerakan hijau (green movement). Kepedulian Propan terhadap gerakan hijau diwujudkan lewat Bionic Farm, sebuah perusahaan

kedalam kaleng cat yang sudah disterilkan di pabrik cat PT Propon Raya, Tangerang, Jumat. (28/10). Cat tembok Eco Emulsion yang diproduksi pabrik ini telah mendapat sertifikasi hijau.

miweekend@mediaindonesia.com

Investasi Dulu, Pasar Direngkuh Kemudian UNTUK menghasilkan produkproduk ramah lingkungan, diakui Yuwono Imanto, Marketing Director PT Propan raya, tidaklah murah. “Dibutuhkan investasi besar, tetapi sebetulnya tergantung kesadaran pemilik perusahaan akan lingkung an. Sebab, ke depannya justru produk-produk tidak ramah lingkungan yang akan terpojok,” kata Yuwono. Jadi, lanjutnya, perusahaan cat yang berdiri sejak 1979 itu sudah mencuri start sejak 10 tahun lalu dalam memproduksi produk ramah lingkungan, mengingat isu hijau di dunia saat ini sangat gencar. Awalnya memang perlu biaya besar, tetapi kini produk-produk yang dihasilkan berada di kelas premium. Lebih lanjut, Yuwono menjelaskan

HIJAU: Proses filling

BIBIT: Abdul Muthalib, Kepala Regu Gard ener PT Propan Raya

MI/RULLY FIRDAUS

sedang merawat bibit-bibit tanaman yang akan digunaka n pada berbagai kegiatan penghijau an di sekitar lokasi pabrik.

yang bergerak di pertanian ory ganik. “Lewat perusahaan itu g kami mengajarkan dan mendorong k masyarakat untuk melestarikan m lingkungan serta mengonsumsi li makanan sehat berbasis organik,” m ujar Yoyok Setio Hermanto, office u management manager perusahaan m tersebut. te Menurut Yoyok yang juga penanggung jawab green community di na perusahaan, pihaknya menerapkan pe hemat listrik di kantor, mengajak he perusahaan-perusahaan di sekipe tarnya berperilaku hijau dengan ta cara menanam, membagi, dan memcar bibit pohon. bib ““Pohon-pohon yang biasa kami bagi, antara lain palem, trembesi, bag pohon asem. Kami sudah membagi po ribuan pohon di wilayah Tangerang, rib Jawa Tengah, dan Jawa Barat,” jelasJaw nya. (Ros/M-2) nya

GEDUNG HIJAU, HEMAT ENERGI HINGGA 40%

K Fakta H ij a u !

Gedung Balai Kota DKI Jakarta dan Gedung Kementerian Pekerjaan Umum sedang dibangun dengan konsep bangunan hijau.

ini, klaim tentang hijau tak bisa lagi sekadar jargon. Sebutan tentang gedung yang diklaim bersahabat dengan lingkungan harus dibuktikan dan bisa dikuantifikasi. Sejak tiga tahun lalu, Green Building Council Indonesia (GBCI), sebuah lembaga nonprofit, mengambil peran dalam sertifikasi gedung hijau. Sertifikasi yang disebut sebagai Greenship ini menggaransi bangunan bisa menghemat energi hingga 40% jika

dibandingkan dengan bangunan tanpa sertifikasi. Penilaian dilakukan secara objektif pada upaya penghematan air, listrik serta material yang digunakan. Gedung yang melamar untuk sertifikasi ini dapat berupa bangunan yang telah berdiri maupun yang masih dalam proses perencanaan pembangunan. Salah satu penilaian yang dilakukan pada bangunan hotel, misalnya, air bekas pencucian laundry, apakah telah diolah dan dimanfaatkan

semaksimal mungkin. Kehadiran sertifikasi ini diharapkan juga dapat mendukung upaya Indonesia menekan emisi karbon nasional hingga 26% pada 2020. Ingin tahu apakah gedung kantor Anda juga bisa berlabel hijau? Cari tahu jawabannya dalam diskusi di Green Radio. Sampaikan juga pertanyaan Anda melalui SMS di 081381000892 atau telepon di 021-85909946/47. (M-2)


P EOPLE

MINGGU, 30 OKTOBER 2011

Dewanto Purnomo

9

Mohamad Rosihan

Rangga Umara

FOTO-FOTO: MI/SUMARYANTO

Mantan Karyawan Raih Impian WENDY MEHARI UTAMI

R

ANGGA Umara, 32, memutuskan berhenti bekerja di kantornya di perusahaan properti Jakarta saat kebutuhan hidupnya mulai meninggi. “Gaji di perusahaan properti waktu itu tiga koma. Maksudnya, setelah tanggal tiga, kantong sudah koma,” ungkap Rangga seraya tertawa. Menurut dia, karyawan apa pun tidak menjadikan seseorang kaya. Jadi, memiliki usaha sendiri merupakan satu-satunya jalan untuk menjadi kaya. Ia lalu pindah haluan. Karena terbawa oleh hobinya yang doyan makan, Rangga mendirikan warung pecel lele. “Pecel lele makanan khas Indonesia, mudah dijumpai, namun belum banyak yang berani tampil beda. Selama ini kebanyakan warung lele tampilannya begitu-begitu saja,” kata Rangga yang hadir dalam Kick Andy episode Karyawan No, Juragan Yes. Pada 2007, Rangga membuka usaha pecel lele pertamanya di daerah Pondok Kelapa, Jakarta Timur. “Modalnya saya dapat dari hasil menjual jam tangan, handphone, parfum, dan alat penggetar perut yang ada di rumah. Totalnya Rp3 juta,” sambungnya. Ia lantas menggandeng temannya yang pintar meracik bumbu. Gerai pertamanya menempati bangunan berukuran 2x3 meter. Namanya Lele Lela. Kata ‘lela’ adalah akronim dari ‘lebih laku atau lebih laris’. Rangga punya konsep untuk mewujudkan nama itu. “Tempat harus nyaman, orang datang tak sekadar makan, tapi juga mau menikmati suasana,” sambungnya.

Mereka hengkang dari posisi sebagai karyawan perusahaan untuk mewujudkan keinginan menjadi orang kaya. Usaha warung lele itu tidak sertamerta berkembang. Pada rentang 2007-2008, Rangga mengaku mengalami periode yang berat. Ia terlilit utang kepada rentenir. Keuntungannya habis untuk membayar sewa. Enam cabang pertamanya harus ditutup. Keuangan keluarganya makin minus sampai-sampai Rangga bersama istrinya, Siti Umairah, serta anak mereka diusir keluar dari kontrakan karena tidak mampu membayar lagi. Meski begitu, Rangga tetap konsisten. Olahan lele dikembangkannya, disertai standar operasi pelayanan yang dibuat unik. Misalnya, setiap pengunjung Lele Lela disambut dengan ucapan ‘selamat pagi’ dalam intonasi yang bersemangat. Setiap pengunjung yang meninggalkan gerai pun mendapat ucapan ‘terima kasih, selamat datang kembali!’. Sekarang, pria kelahiran 1979 itu mempunyai 42 cabang Lele Lela seIndonesia dengan omzet Rp4,8 miliar per bulan. Mereka menyediakan makanan gratis bagi yang sedang berulang tahun dan bagi pengunjung yang bernama Lela. Kesuksesan Rangga rupanya bermula ketika ia menuliskan obsesi, ambisi, dan impian yang ingin diraihnya dalam sebuah buku yang ia sebut dream book. Tidak hanya menuliskan keinginan, Rangga juga menuliskan usaha untuk mencapainya serta target keuntungan. Lewat dream book itu, Rangga mengumpulkan semangat dan menarik energi positif agar im-

piannya tercapai. Kini, ayah dua anak tersebut sedang berupaya mewujudkan impian lain, yakni membuka cabang Lele Lela di Mekah. Buka distro Selain Rangga, ada Mohamad Rosihan, 38, yang banting setir menjadi penjual busana muslim dengan brand Saqina setelah keluar dari pekerjaannya sebagai konsultan internet bergaji Rp7,5 juta sebulan. Pria lulusan Jurusan Geodesi Institut Teknologi Bandung ini kemudian mendirikan perusahaan teknologi informasi sendiri. Penghasilan perusahaan hampir mencapai angka Rp1 miliar per tahun, dengan sebuah konsekuensi. Usaha tersebut diakuinya sangat melelahkan karena proyek-proyeknya ditangani langsung oleh Rosihan sendiri. Saat berada di puncak karier perusahaannya sendiri, Rosihan justru memutuskan menutup perusahaan itu.

“Tahun 2006 saya merintis bisnis ritel, dagang. Alasannya, saya ingin mencari bisnis yang lebih simpel, yang bisa saya delegasikan kepada karyawan, untungnya besar dan cepat, pasarnya jelas,” tutur Rosihan. Ia lalu melirik distro. Dalam setahun, ia membuka lima distro--dinamai Saqina--yang menjual busana muslim wanita, gamis, kerudung, aksesori busana muslim, baju koko, sarung, mukena, dan perlengkapan haji. “Segmennya menengah tengah, bukan menengah ke bawah atau menengah ke atas. Harganya berkisar Rp75 ribu sampai Rp300 ribu,” tambahnya. Rosihan mempromosikan produk distro Saqina menggunakan media online. Order pun membanjirinya. Pelanggannya datang dari seluruh Nusantara, juga dari mancanegara seperti Malaysia, Singapura, Hong Kong, Brunei, Dubai, Prancis, Amerika, dan Australia. Rosihan bahkan memiliki reseller di Malaysia. Alhasil, omzetnya pun melonjak 500%.

KARYAWAN NO, JURAGAN YES Banyak orang masih menganggap kesuksesan dalam pekerjaan dapat dicapai jika menjadi karyawan kantoran atau pegawai negeri. SAKSIKAN DI METRO TV Minggu, 30 Oktober 2011, pukul 15.30 WIB

Jadi wirausaha, menurut Rosihan, merupakan pilihan, bukan sampingan. Konsisten dan fokus buat dia adalah harga mati. “Hidup dan mati seorang wirausaha ya di situ. Jika sudah begitu, dia akan struggle dari kondisi apa pun, bahkan paling buruk sekalipun. Selain itu, harus membuat target baru sehingga bisa terus berkembang. Jangan pernah merasa puas,” tegasnya berbagi kiat. Setelah 11 tahun Kisah Dewanto Purnomo, 40, lain lagi. Setelah beberapa kali pindah perusahaan, pada 18 September 2000, Dewanto diterima di sebuah badan usaha milik negara (BUMN) bidang jasa keuangan nonbank. Saat anak pertamanya lahir, Dewanto terdesak untuk menghasilkan uang lebih banyak. “Lima hari sejak kelahiran, anak saya didiagnosis mengalami bocor jantung. Dia juga didiagnosis (menderita) attention deficit hyperactivity disorder, mirip autisme. Jadi butuh banyak biaya,” akunya. Karena itu, Dewanto memutuskan untuk membuka usaha sampingan. Pada 2005 ia bersama beberapa rekannya membuka usaha kuliner bakmi raos. Pendapatan Dewanto dari usaha tersebut mencapai 5-6 kali lipat gajinya sebagai pegawai. Lalu, ia bersama rekan-rekannya membentuk Master Franchise Bakmi Raos Grup. Ia pun menambah usahanya dengan membuka depo susu segar dan menjalin kemitraan dengan Jimbo

Laundry House untuk membuka usaha laundry kiloan. Di awal 2011, Dewanto menjual seluruh bisnis depo susu segar dan laundry kiloannya, sedangkan usaha bakmi diserahkan kepada adiknya yang memiliki usaha katering rumahan. Saat itu, Dewanto melihat peluang baru, yaitu penjualan boneka. “Tahun 2007 saya menemukan pabrik boneka di Bekasi. Di pabrik itu ada tulisan yang kurang lebih berkata, ‘selama wanita bisa melahirkan, peluang bisnis boneka selalu ada’,” ucap Dewanto sambil tersenyum. Ia juga berjualan lewat toko daring. Order membanjirinya. “Omzetnya mencapai puluhan juta,” katanya singkat. Permintaan datang dari berbagai daerah seperti Sumatra, Kalimantan, Jawa, Jakarta, Bali, dan Sulawesi. Boneka yang dia jual lewat beberapa laman seperti www.bonekalucu.com, www.bonekabesar.com, www. bonekabear.com, www.bonekaonline. com, dan www.bonekaangrybird.com bisa dibeli satuan. Untuk memasok kebutuhan konsumennya, Dewanto bekerja sama dengan 12 pemasok dan 125 industri rumahan yang memproduksi boneka. Pada 2011, setelah 11 tahun bekerja sebagai karyawan, Dewanto akhirnya memutuskan untuk meninggalkan jabatannya di BUMN. “Penyebabnya adalah karena absensi saya banyak yang bolong. Terutama absensi pagi, siksaan pertama kalau berangkat pagi ke kantor. Begitu telat pasti merasa bersalah,” ucapnya. (*/M-4) miweekend@mediaindonesia.com

Kutu Loncat Sukses Berbisnis

Saptuari Sugiharto

MENGEJAR prestasi gemilang dan bisa segera lulus mungkin dambaan setiap mahasiswa. Namun tidak demikian dengan Saptuari Sugiharto, 32. Lulusan Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta ini mengaku sering bolos kuliah karena sibuk bekerja. “Sejak tahun 1998 saya pernah menjadi penjaga tas di koperasi mahasiswa, jualan ayam potong, jual batik dan celana gunung, jual jaket dan kaos, terakhir jadi penjual stiker mulai tahun 2001 hingga 2005,” kata Saptuari. Karena ingin memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap, Saptuari melamar ke sebuah stasiun radio sebagai marketing. “Pertama kali kerja di perusahaan profesional, kuliahku terbengkalai, lebih sering bolos dan nitip absen pada teman,” cerita Saptuari. Setahun kemudian, ia pindah ke perusahaan lain. Tahun berikutnya, ia bekerja di sebuah event organizer

(EO). “Kerja di EO membuat lelah. Kadang pukul 00.00 masih angkatangkat besi di lapangan, padahal pukul 07.00 sudah harus praktikum ilmu ukur tanah di kampus,” tuturnya. Saptuari pun hijrah lagi ke beberapa perusahaan lain. Setelah jadi ‘kutu loncat’ di lima perusahaan, Saptuari merasa ada yang salah. “Jiwa kreativitasku terpasung, aku ingin bebas dan membangun bisnis sendiri,” tekadnya. Benar saja. Seusai lulus kuliah, ia menyimpan ijazahnya di bawah tumpukan baju dan berjanji tak akan memakainya untuk melamar pekerjaan ke perusahaan mana pun. Bekerja selama empat tahun pada masa kuliah rupanya bermanfaat buat Saptuari. Lewat pengalaman itu, ia mengerti cara mengelola dan

mengatur bisnis, cara berpromosi, memaksimalkan kerja tim, cara mengeksekusi proyek kerja, trik negosiasi, hingga sistem administrasi. Tujuh bulan sejak kelulusannya, pada 28 Maret 2005 Saptu membuka Kedai Digital dengan modal Rp20 juta. “Sembilan puluh persen adalah utang bank dari menggadaikan surat rumah. Sisanya dari tabungan dan menjual motor,” kata dia. Kedai Digital memproduksi barang-barang cendera mata seperti mug, t-shirt, pin, gantungan kunci, mouse pad, foto, dan poster keramik, serta banner dengan hiasan hasil print digital. Setelah bisnisnya berkembang, ia membuat brand pendamping, yaitu Jogist, kaus gila dari Yogyakarta yang dijual secara online. “Dalam

Omzet nasional seluruh cabang mencapai Rp900 juta sampai Rp1,2 miliar per bulan.”

sebulan, 300-400 kaus ludes dibeli,” sambungnya. Kini, Kedai Digital memiliki 52 cabang di 30 kota di Indonesia. “Omzet nasional seluruh cabang mencapai Rp900 juta sampai Rp1,2 miliar per bulan,” ujarnya. Saptuari pun tak lepas dari cobaan. Akibat gempa yang mengguncang Yogyakarta pada 2006, komputer, scanner, dan mesinmesin produksi yang belum lunas, hancur. Saptuari bahkan pernah ditipu pegawainya sendiri. “Uang penjualan dibawa lari pegawai itu hingga Rp30 jutaan. Pernah juga kedaiku ludes disatroni maling. Komputer dan LCD hilang semua,” ujarnya. Namun, ia bangkit. “Yang penting itu fokus, konsisten, dan yakin bahwa semua akan diraih selama kita jujur. Bisnis melibatkan Tuhan. Berbisnislah dengan jujur, pasti akan mujur,” tuturnya. (*/M-3)


10

A RT & CULTURE

Memadukan Foto dan Lukisan SENTUHAN seni rupa kontemporer dalam pameran seni fotografi mengindikasikan ada sebuah ungkapan (ekspresi) penuh filosofis. Sepertinya keberadaannya bukan merupakan foto yang dibuat berdasarkan pesanan. Lewat pameran bertajuk Beyond Photography di Galeri Ciputra, Jakarta, pekan ini, sebanyak 77 seniman dan fotografer hadir dengan menampilkan sedikitnya 200 karya berbeda. Di situ pertautan yang begitu kental antara karya foto, grafis, dan seni lukis terlihat dalam setiap karya. Pada pameran yang berlangsung hingga Minggu (6/11) mendatang itu, Indyra, salah satu seniman, menghadirkan dua karya berjudul Somato I dan Somato II. Karya foto yang dicetak di atas kanvas berukuran 100x150 cm itu menghadirkan seni fotografi dengan objek perempuan di atas tempat tidur. Penambahan unsur seni lukis membuat objek--semula foto--terkesan lebih ekspresif. “Indyra adalah pelukis potret. Ia memotret dulu, lalu melukis objek. Ia gabungkan garis-garis fotografi dengan sentuhan seni,” ujar kurator Jim Supangkat. Menurutnya, ada dua pendapat dalam pameran tersebut, yaitu karya di bidang dunia fotografi dan dunia seni rupa. Untuk itu, tak mengherankan bila seni lukis fotografi telah mengalami kemajuan dalam era kontemporer yang juga melanda Indonesia. Adapun Yana Palapa menghadirkan objek di atas akrilik berjudul Standed#1-3 (80x120cm). Pemakaian cat jenis UV glow membuat objek itu terlihat lebih cemerlang dan elegan. Karya Sonia Prabowo berjudul Surrender #1-2 (66,7x100cm) yang dikombinasikan dengan aluminium menghadirkan dua objek berbeda. Karya Surrender #1 hanya menghadirkan tangan-tangan yang menengadah ke atas. Ada rantai menggelantung yang mengisyaratkan pasrah pada sebuah penindasan. Pada karya Surrender #2 pun, sang seniman juga menghadirkan sejumlah orang yang menengadah ke angkasa. Mereka telentang sambil menutup mata. Tangan-tangan mereka terangkat ke atas. Sebagai seni kontemporer, karya

Henky Christianto, Confession (5 foto print, 60x90 cm), berusaha mengomunikasikan sebuah kisah pengakuan dosa yang menjadi ritual pada umat Katolik. Kelima karya itu memiliki keterkaitan yang tak bisa dipisah-pisahkan. Pada karya pertama, si pastor tengah menunggu seorang jemaat yang akan mengikuti misa suci ‘pengakuan dosa’ di sebuah katedral. Di foto kedua, sang perempuan bertubuh seksi dengan menggunakan rok pendek hadir di katedral itu. Foto ketiga menggambarkan perempuan yang sedang mengaku dosanya. Pun selanjutnya, pastor yang sedang melayani terpengaruh dengan buah dada si perempuan. Yang cukup menggelitik pada lukisan terakhir, sang pastor pun ikut mengakui dosa karena pikirannya telah tergoda dengan kemolekan si perempuan. Karya foto yang ditampilkan secara hitam putih itu merupakan pesan dari seniman bahwa pastor juga manusia yang mudah tergoda dengan kehidupan duniawi. Etnik Pada beberapa karya lainnya, nuansa etnik terlihat begitu lekat. Toraja karya Julius Bramanto mencoba mengingatkan kembali masyarakat urban akan unsur-unsur perdesaan. Karya yang dibuat secara digital printing di atas aluminium (120x200cm) itu menghadirkan rumah-rumah tradisional dan alam di Tanah Toraja yang asri. Begitu pula dengan karya lainnya berjudul Minangkabau. Objek gunung begitu kuat, dan tak jauh dari anugerah alam itu, terdapat sesosok perempuan sedang berbaring. Kedua karya tersebut penuh dengan imajinasi harmoni. Tak dapat dimungkiri, kreativitas Julius memberikan sentuhan penuh makna dalam karyanya. Ia memotret objek perempuan, lalu mengalihbentukkannya ke dalam karya. Sesaat, pengunjung akan menyangka bahwa karya tersebut merupakan karya lukis. Namun, sesungguhnya hanya permainan objek yang diracik menggunakan rekayasa komputer sehingga menghasilkan karya seni bernilai tinggi. (Iwa/M-1)

MI/USMAN ISKANDAR

KARYA: Pengunjung tengah menikmati karya foto yang dipadukan dengan lukisan dalam pameran bertajuk Beyond Photography di Galeri Ciputra, Jakarta. Pameran yang menampilkan 77 seniman dan fotografer akan berlangsung hingga Minggu (6/11).

MINGGU, 30 OKTOBER 2011

Menyindir Pemimpin Keblinger lewat Wayang

MI/ANGGA YUNIAR

SEMAR: Ki Dalang Sujiwo Tejo memainkan wayang dengan lakon Semar Kuncung di Bulungan, Jakarta Selatan, Selasa (25/10). Pergelaran tersebut mengisahkan Semar Kuncung yang menyimpan banyak rahasia juga ketulusan dan keberanian.

Seorang pemimpin seharusnya lebih mengedepankan amanah rakyat daripada kepentingan golongan. IWAN KURNIAWAN

D

ALAM perjalanan sejarah manusia, sudah bisa dipastikan bahwa ketamakan seorang pemimpin dapat menciptakan malapetaka. Begitu pula sebaliknya, kebajikan seorang pemimpin pun bisa mendatangkan kesejahteraan bagi rakyatnya. Sayang, pemimpin yang dipentaskan dalam lakon Sangkan Paraning Republik (Semar Kuncung) tak berpihak kepada rakyat. Rakyat yang direpresentasikan lewat tokoh Semar akhirnya memberontak. Semar tak mau kuncungnya sebagai simbol keberpihakannya kepada rakyat (kecil) diambil begitu saja oleh sang pemimpin (Arjuna). Dalam cerita Mahabarata, yang memotong kuncung Semar ialah anak Arjuna, Abimanyu. Pada pergelaran yang berlangsung selama 6 jam itu, Ki Dalang Soedjiwo Tedjo menghadirkan sebuah lakon penuh perenungan. Terakhir, lakon klasik itu dipentaskan pada 1965. Malam itu, berawal saat Ki Dalang Soedjiwo menunjukkan tokoh Semar kepada ratusan penonton dari atas panggung di Gelanggang Olahraga Remaja Bulungan, adegan pun dimulai. “Sudah tiga hari belakang ini saya tidak melihat Semar. Di manakah dia?” ujar Arjuna, membuka pembicaraan, lantang. Sesaat, Semar pun muncul dan menjawab, “Kuncung yang ada di atas kepalaku mau dipotong? Ini lambang kekanakan-kekanakanku. Jiwaku adalah jiwa yang polos.” Dengan menggunakan bahasa Jawa dan ba-

hasa Indonesia, pementasan Sangkan Paraning Republik (Semar Kuncung) berlangsung meriah. Ki Dalang Soedjiwo tidak hanya sibuk mendalang. Ia juga terlihat berinteraksi dengan sejumlah seniman dan budayawan yang hadir dalam pementasan tersebut. Pementasan lakon tersebut mengisahkan tentang sebuah negara bernama Amarta. Negara gemah ripah itu bukanlah negara yang dibangun Pandawa. Negara itu sudah ada sebelumnya meski tak tampak oleh mata telanjang. Setelah dayang-dayang penunggu Amarta menyatu dengan Pandawa, barulah Negara Amarta kasatmata dan menjadi milik Pandawa.

Semar, seorang dewa yang menyamar menjadi rakyat, menghentikan pengabdiannya kepada pemimpin ketika pemimpin itu sudah tidak mengedepankan amanah yang seharusnya dilakukan.” Semar menyimpan kisah itu dalam kuncungnya. Namun, kabar yang ada di masyarakat selalu berbeda. Tiba-tiba, Arjuna, juragan Semar, ingin memotong kuncung Semar. Apa yang terjadi? Semar yang merupakan representasi rakyat jelata melakukan serangan balik kepada sang juragan. Ia tak mau lambang rakyatnya yang polos itu dipotong. Dalam masyarakat tradisional, lakon Semar Kuncung jarang sekali dipentaskan. Kisah tentang dewa yang sekaligus berwujud rakyat itu dipergelarkan bila suatu kaum ingin mengirimkan pesan kepada para pemimpin. Kritik Pesan biasanya berisikan bahwa kepemimpinan para pemimpin saat ini te-

lah melenceng dari garis-garis kesepakatan bersama wong cilik (rakyat kecil). Semar tigas kuncung berarti Semar akan dipotong kuncungnya. Kuncung adalah lambang jiwa yang tulus dan berani tanpa terlalu memikirkan risiko. Semar pun keberatan jiwa kekanak-kanakannya yang abadi dalam simbol kuncung ditiadakan. Kuncung Semar itu juga terkandung rahasia gelap Pandawa. Lakon tersebut begitu lekat dengan pemberontakan batin. Semar, seorang dewa yang menyamar menjadi rakyat, menghentikan pengabdiannya kepada pemimpin ketika pemimpin itu sudah tidak mengedepankan amanah yang seharusnya dilakukan. Inilah kegelisahan yang mengusik nurani para pelaku seni dan budayawan di Tanah Air saat ini. Pementasan yang mengedepankan unsur kreativitas malam itu berlangsung meriah. Lakon juga diselingi dengan nyanyian dan pembacaan puisi dari sederet sastrawan, politikus, dan musikus yang hadir. Orasi kerakyatan, misalnya, dibawakan Rizal Ramli. Musikus Anto Baret membawakan tembang Republik Lingling dan Lumpur Lapindo. Ray Sahetapy ikut membacakan sajak milik Chairil Anwar berjudul Doa: Kepada Pemeluk Teguh. Teguh Esha dan Linda Djalil juga membawakan sederet puisi dengan nuansa kritik terhadap pemimpin yang gagal, mulai dari peristiwa lumpur Lapindo, perampasan hak-hak, hingga penanganan korupsi yang tebang pilih. Lakon Sangkan Paraning Republik (Semar Kuncung) memberikan sebuah kritik terhadap kepemimpinan di Indonesia saat ini. “Semar adalah rakyat. Orang Papua pemilik lahan, namun yang punya bukan orang Papua. Begitu juga dengan orang Dayak. Rakyat pun sengsara,” pungkas Ki Dalang Soedjiwo. (M-1) miweekend@mediaindonesia.com


T RAVELISTA Alam Indah yang Kaya Sejarah MINGGU, 30 OKTOBER 2011

11

Selain menjual panorama alam sebagai daya tarik wisata, Pulau Penang juga menawarkan berbagai bangunan dan tempat bersejarah, termasuk situs warisan dunia. IRVAN SIHOMBING

P

ETANG telah menghampiri kawasan Bukit Bendera, Pulau Penang, Malaysia, yang saat itu tengah diguyur hujan, Rabu (19/10). Namun, dengan langit yang masih cukup terang, keindahan Pulau Penang dapat dilihat dari atas bukit dengan ketinggian sekitar 833 meter di atas permukaan laut itu. Untuk menuju puncak, saya bersama tim Fastron Europe Asia Expedition menggunakan kereta Penang Hill, sebuah kereta kabel--funicular railway--yang berjalan di rel pada kemiringan hampir 45 derajat. Turis asing usia dewasa dikenai biaya sebesar RM30 per orang. Adapun terhadap pengunjung yang tergolong penyandang cacat tubuh, pengelola tidak memungut biaya. Dalam perjalanan selama 10 menit itu, penumpang disuguhi hijaunya pepohonan di sisi kiri dan kanan bukit. Pengalaman yang cukup mendebarkan ialah ketika kereta melewati sebuah terowongan dan sempat berhenti beberapa kali layaknya orang yang kelelahan karena tidak kuat menanjak bukit. Sesampainya di atas bukit, wajah George Town—ibu kota Negara Bagian Pulau Penang--sedang terhalang kabut. Di sana tersedia teropong yang bisa digunakan untuk melihat objek dari kejauhan. Tanpa teropong pun pengunjung masih bisa menikmati keindahan Pantai George Town sambil menikmati sejuknya hawa Bukit Bendera. Bukit tersebut juga terkenal sebagai bukit stroberi karena merupakan kawasan yang banyak menghasilkan buah yang tumbuh di kawasan dingin itu. Pengunjung dapat menjelajahi puncak Bukit Bendera--dinamai Flagstaf Hill--selama kurang lebih 30 menit. Selain sebuah hotel, terdapat sebuah kompleks kecil yang terdiri dari kuil, masjid, dan taman bermain untuk anak-anak. Dari kejauhan, pengunjung juga bisa melihat moncong meriam yang menghadap ke arah George Town. Konon, meriam yang diperkirakan sudah ada pada abad ke-18 dan ke19 itu sengaja dibawa ke atas bukit sebagai sarana untuk mengirimkan sinyal bahaya jika ada bajak laut menyerbu Pulau Penang. Masjid Bukit Bendera merupakan tempat ibadah yang secara resmi dibuka oleh

Gubernur Penang Raja Tun Uda Al Haj pada 22 April 1966. Di bukit pun terdapat kuil bernama Sri Arulo Thirumurugan. Kuil itu dipercaya sudah ada sejak kedatangan perusahaan dagang Inggris, East India Company, pada 1780. Benteng Cornwallis Untuk memuaskan dahaga akan bangunan-bangunan tua bersejarah, George Town merupakan pilihan paling tepat. Letaknya 6 kilometer dari Bukit Bendera. Kota itu merupakan salah satu pelabuhan utama di Selat Melaka karena merupakan persinggahan penting antara perdagangan India dan China. Nama George Town diambil dari nama Raja Inggris, George III. Kota itu dibangun pada 1786 oleh pedagang Inggris Francis Light. Dalam perkembangannya, beragam suku bangsa menetap di sana, mulai Chi-

dan tebal. Awalnya, benteng tersebut dibuat dari batang pohon nipah. Fungsinya pun lebih tepat sebagai tempat administrasi ketimbang tempat untuk menghadapi serbuan musuh layaknya benteng. Untuk memasuki benteng, pengunjung harus melewati sebuah jembatan yang terbuat dari kayu balok. Benteng Cornwallis pada mulanya dikelilingi parit. Kini, parit tersebut sudah tertutup gundukan tanah. Begitu memasuki gerbang, pengunjung disapa tugu peringatan Francis Light. Kesan angker sama sekali tidak terasa di dalam Benteng Cornwallis. Kesan yang tercipta justru suasana asri layaknya taman dengan banyak pohon kelapa. Bersih Menurut data pusat penerangan pelancongan, wisatawan asing yang

FOTO-FOTO: MI/IRVAN SIHOMBING

na, India, Arab, Melayu Malaysia, Aceh, Thailand, Myanmar, dan Eropa tentunya. Light mulai membangun George Town setelah memperoleh Pulau Penang dari Sultan Kedah. Di George Town, Light membangun Benteng Cornwallis yang semula merupakan tempat ia dan pasukannya menjejakkan kaki untuk pertama kalinya di Pulau Penang. Sabtu (22/10), saya mengunjungi benteng yang menjadi ikon George Town itu. Temboknya mengelupas di sana sini sehingga terlihat batu bata merah dipenuhi lumut hijau

PPENANG: Salah satu pemandangan Bukit Bendera yang dilalui kereta Penang Hill, Rabu (19/10). Meriam Sri Rambai di Benteng Cornwallis yang menghadap H langsung ke Pantai George Town (kiri). Pintu masuk Benteng Cornwallis, ikon la bbersejarah George Town (bawah). paling banyak berkunjung p ke k Pulau Penang berasal dari Indonesia. Data Jad nuari-Juli 2011 menyebutn kan k 138.991 warga Indonesia si mengunjungi Penang. Urutan kedua ditempati U Singapura, disusul China, Si Jepang, dan Australia. TaJe hun lalu, jumlah wisatawan hu mancanegara terbanyak m yang berkunjung ke Penang ya juga warga Indonesia, yakni ju 204.086 orang. 20 Satu hal yang saya petik dari perjalanan di Penang da ialah suasana jalan yang tertib ial

dan penekanan akan pentingnya menjaga kebersihan. Di berbagai sudut jalan terdapat papan pengumuman untuk menjaga Pe nang tetap hijau dan bersih, termasuk di kawasan Esplanade, Pantai George Town, yang terletak di depan Padang Kota Lama. Penataan yang apik, apalagi tanpa keberadaan para pedagang, membuat pengunjung nyaman untuk menikmati suasana laut di pagi hari ataupun saat tenggelamnya mentari di ufuk barat. (M-3) irvan@mediaindonesia.com

Pernak-pernik Pasar Chowrasta niat melihat-lihat atau berbelanja barang dagangan yang dijual di sana, melainkan karena ingin melihat lebih dekat segala keunikan yang terjadi ketika penjual dan pembeli bertransaksi. Pagi-pagi benar, ketika langit masih gelap dan matahari masih malu-malu keluar dari peraduannya, saya dan rekanrekan yang tergabung dalam tim Fastron Europe Asia Expedition telah bersiap-siap meninggalkan penginapan. Kami ingin melihat sisi lain George Town yang sejak tiga tahun silam dinobatkan sebagai kota warisan dunia oleh UNESCO. Di sepanjang jalan menuju ke sana, Pasar Chowrasta telah dipenuhi lautan manusia ketika kami tiba. Para ut sud di diri ber ia dengan set pedagang sudah memasang AKTIVITAS: Seorang biksu pa sia i membacakan mantra bag tenda payung, meja, serta Pasar Chowrasta untuk barang-barang dagangan pun yang ingin didoakan. mereka di sana. Para calon pembeli pun sudah memadati SETIAP sudut George Town, ibu kota Negara Bagian Pulau Penang, Malaysia, tempat tersebut. Beberapa masih melihatselalu menyimpan daya tarik tersendiri. lihat, beberapa lainnya sedang tawarPasar tradisional yang becek, berisik, dan menawar, beberapa bahkan sudah selesai jauh dari kesan nyaman sekalipun bisa bertransaksi. Mayoritas penjual dan pembeli di menjadi magnet bagi turis di sana. Salah satunya Pasar Chowrasta yang Pasar Chowrasta adalah penduduk Pulau diapit Jalan Penang, Jalan Chowrasta, Jalan Penang yang merupakan etnik Tionghoa. Jarang sekali terdengar bahasa Melayu di Kuala Kangsa, dan Lebuh Tamil. Pengunjung rupanya bukan sekadar ber- tengah-tengah kebisingan pasar itu.

.COM/mediatravelista/

Bahkan, para pedagang yang keturunan India sekalipun memilih berbahasa China (Hokkien) demi menggaet calon pembeli. Mereka terdengar begitu fasih tanpa logat India terselip sedikit pun, seperti yang sering terdengar manakala mereka berbahasa Inggris. Salah satunya Ali Akbar, 50, pedagang sayur-mayur. “Ketika masih anak-anak, saya sudah membantu ayah saya menjajakan barang dagangan kepada para pembeli yang rata-rata keturunan China. Itu sebabnya saya pandai berbahasa mereka,” kata Ali. Di pasar ini, beragam jenis makanan dijual. Sebut saja sayur-mayur, buah-buahan, ikan, daging ayam, daging babi, termasuk camilan seperti cakwe dan kue-kue basah. Ada pula pedagang yang menjual pakaian, alat bantu kesehatan, dan juga mainan. Kami juga sempat bertemu seorang penjual undian berhadiah. Dengan hanya duduk di atas motor sambil menaruh kertas lotre di atas baki, pria yang tak mau menyebutkan namanya itu ramai didatangi pelanggan. Rata-rata pembeli lotre adalah warga lansia. Hadiah total yang ditawarkan mencapai RM24,5 juta, dengan pemenang pertama berhak atas hadiah RM3 juta. Beberapa orang mungkin menyamakan lotre dengan judi. Namun, judi di George Town tidaklah tabu. Tidak akan ada organisasi masyarakat dengan gaya ‘petantang-

Untuk informasi lengkap dunia travelista.

petenteng’ mengusir pedagang lotre. Tidak juga ada polisi merangsek masuk pasar untuk membekuk pedagang maupun pembeli lotre. Cendol Selama 1 jam lebih mengubek-ubek pasar, kami berulang kali berpapasan dengan turis asing. Ada yang datang sekadar untuk melihat-lihat atau mencicipi mi yang banyak dijual di kios-kios sepanjang jalan Pasar Chowrasta. Salah satunya Ian Johnston, yang berkunjung ke Penang bersama empat rekannya. Turis asal Australia itu rupanya punya niat melihat lebih dekat kesibukan pasar tradisional di George Town. “Cukup menyenangkan bisa melihat kesibukan di pasar ini,” katanya sambil tertawa. Nama Chowrasta sebenarnya berasal dari bahasa Urdu yang berarti ‘empat persimpangan’—sesuai dengan letaknya yang diapit empat ruas jalan. Gedung permanen Pasar Chowrasta dibangun pejabat Majelis Perbandaran Pulau Penang pada 1890. Bangunan itu tidak berubah hingga 1960 atau selama 70 tahun. Pada 1961, pasar tua itu diratakan dengan tanah untuk membuat struktur baru yang sampai sekarang masih bertahan. Kawasan di sekitar Pasar Chowrasta juga terkenal dengan minuman cendolnya. Belum lengkap rasanya jika datang ke sini tanpa mencicipi minuman manis yang

Jarang sekali terdengar bahasa Melayu di tengah-tengah kebisingan pasar itu.”

disajikan dengan es tersebut. Di salah sudut Jalan Penang, terdapat warung cendol legendaris yang sudah ada sejak 1945. Pembeli sudah menyemut ketika kami datang mengunjungi gerobak dagangan yang bertuliskan Teochew Chendul itu. Semula, kami menduga para calon pembeli tersebut sedang mengantre untuk mendapatkan pesanan mereka. Ternyata dugaan itu salah karena setelah mendapatkan semangkuk cendol, mereka tetap berdiri dan makan cendol layaknya makan ala prasmanan di pesta pernikahan. Padahal, pemilik Teochew Chendul sebenarnya menyediakan kios untuk duduk yang letaknya hanya beberapa meter dari gerobak itu. “Justru di sinilah seninya. Makan cendol sambil berdiri,” kata salah seorang pembeli yang datang bersama rekan-rekannya sesama pelajar. Kami memilih untuk makan cendol di kios yang sudah disediakan dengan alasan mencari tempat yang lebih sejuk ketimbang di luar. Lagi pula sudah cukup melelahkan rasanya setelah berjalan-jalan mengelilingi Pasar Chowrasta. Setelah dicicipi, rasa cendol yang katanya legendaris itu ternyata hampir sama dengan cendol yang dijajakan di Jakarta. Hanya, teksturnya lebih tipis dan empuk. “Kami bisa terkenal karena promosi dari mulut ke mulut. Lama-kelamaan banyak pembeli yang berkunjung ke sini,” kata pemilik warung bernama A Tan. (Nav/M-3)


S ELEKTA

MEDIA INDONESIA | MINGGU, 30 OKTOBER 2011 | HALAMAN AMAN 12

KA Tabrak Mobil, 7 Tewas dan 3 Luka Berat api yang tidak ditutup. Secara bersamaan datang kereta api de ngan lokomotif bernomor BB 3037303 dari arah Rantau Prapat menuju Medan. Kereta api langsung menabrak mobil hingga terseret 150 meter. Tujuh penumpang di dalamnya tewas seketika. Tiga orang lainnya luka berat dan kini masih dirawat di RS Trianda, Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai. Aprianti menjelaskan bahwa yang mengemudikan mobil ialah kakak kandungnya, Joko. ‘’Semua belum tidur saat kejadian. Saat itu abang sedang meng ambil ponselnya yang terjatuh di lantai mobil. Dia tidak melihat ada kereta api akan lewat,’’ jelasnya. Polres Serdang Bedagai telah memeriksa tiga saksi, yakni Aprianti, Kepala Stasiun Kereta Deli Muda Perbaungan, dan seorang warga setempat. Tujuh jenazah dibawa ke rumah duka di Jalan Paku Lingkungan III, Kelurahan Tanah 600, Kecamatan Medan Marelan, dan langsung dimakamkan kemarin sore. YZ/N-3)

k

GARA-GARA mengambil ponsel yang jatuh di lantai mobil, tujuh nyawa melayang dalam kecelakaan maut yang terjadi di pintu perlintasan Jalan Deli Muda, Kecamatan Perbaung, Serdang Bedagai, Sumatra Utara, Jumat (28/10) sekitar pukul 22.30 WIB. Dalam peristiwa itu tiga orang lainnya mengalami luka berat. Ketujuh korban tewas, yaitu Misnan, 62, Supriatik, 60, Alpa Nopember, 35, Deo Syaputra, 37, Lilik, 34, Edi Pranata, 19, dan Joko, 35. Adapun korban selamat adalah Aprianti, 25, dan kedua anaknya, Ica, 9, dan Gusti Randa, 2. Seluruh korban warga Ke camatan Medan Marelan, Medan. Rombongan keluarga tersebut sebetulnya akan menghadiri pesta pernikahan kerabat di Bagan Siapi-api. Mereka menyewa mobil untuk keperluan menghadiri hajatan keluarga. Berawal saat mobil Kijang Krista bernomor polisi BK 1188 WS yang datang dari Medan me nuju Kota Tebing Tinggi me lintasi perlintasan kereta

ONLINE HARI INI

Diminta Pakai Baju Selada di GP India PENYANYI eksentrik Lady Gaga, 25, mendapat mend untuk tantangan dari aktivis vegetarian (PETA) u memeriahmengenakan busana dari selada kala meme kan balap mobil Formula 1 (GP) di India hari ini. Aktivis PETA menyammen tantangannya itu paikan tantanganny lewat surat kepada Lady rencana, Gaga. Menurut ren terkenal penyanyi yang terk penampilkarena keunikan penam annya itu akan menutup rangkaian balap F1 yang berlangber sung di Sirkuit Buddh, Bu Uttar Pradesh. Para aktivis PETA menyampaikan maksud ma itu sebab Gaga pernah pe mengenakan busana bu dari daging saat menghadiri pergep Video laran MTV V Awards Music Aw 2010. Dengan De mengenakan mengen busana dari busan selada, peselad rempuan rem kelahirkel an New Yo r k itu diharapkan damempat m

lik!

REUTERS/PARIVARTAN SHARMA

mediaindonesia.com me edia

Bokong Saddam Hussein tidak Laku SEBUAH rumah lelang di Inggris mengatakan telah gagal menjual potongan bokong patung mendiang diktator Irak Saddam Hussein. Charles Hanson dari Hansons Auctioneers mengatakan tawaran untuk potongan patung yang disebutnya berasal dari monumen kenamaan Hussein di Irak itu gagal memenuhi harapan terjual dengan harga sebesar enam digit. Tawaran untuk artefak yang diambil seorang mantan prajurit pasukan khusus Inggris Nigel Ely setelah tentara Amerika Serikat merobohkan patung perunggu Hussein di Baghdad pada April 2003 hanya sebesar 21 ribu pound sterling (sekitar Rp298 juta). Pecahan patung berukuran 76x76 sentimeter itu dijual dalam sebuah lelang di Kota Derby, Inggris. (AP/OL-12)

Qantas Airways Setop Penerbangan

Kinerja Anggaran Goyang Pertumbuhan Target 6,7% bisa tercapai bila penyerapan anggaran pemerintah menunjukkan perbaikan. JAJANG SUMANTRI

D

AP PHOTO/ROB GRIFFITH

SETELAH berminggu-minggu karyawannya mogok kerja, Qantas Airways akhirnya menghentikan seluruh aktivitas armadanya secara global, kemarin. Menurut seorang eksekutif Qantas, pemogokan kerja itu bisa berujung pada bangkrutnya maskapai terbesar ke-10 di dunia itu secara perlahan. Pemerintah Australia langsung mengadakan pengadilan arbitrase yang berlangsung hampir 2 jam sebelum para hakim menunda untuk mengambil keputusan hingga Sabtu malam. Setidaknya 60 penerbangan Qantas tengah terbang dan melanjutkan perjalanan hingga tujuan dan satu penerbangan berhenti di landasan pacu saat pengumuman berlangsung. Di antara penumpang yang telantar adalah 17 pemimpin dunia yang menghadiri pertemuan puncak persemakmuran di Perth. “Saat penyetopan tersebut diumumkan, 36 penerbangan internasional dan 28 penerbangan domestik di udara,” kata seorang juru bicara Qantas yang menolak disebutkan namanya mengutip kebijakan perusahaan. Dia tidak bisa mengonfirmasikan laporan televisi Australian Broadcasting Corp bahwa ada 13.305 penumpang yang telah membeli tiket penerbangan internasional Qantas dalam waktu 24 jam dari waktu pengumuman itu. (AP/OL-5)

BACAAN FAVORIT

1 2 3

9 HAL TERPENTING BAGI PEREMPUAN UNTUK mencapai keseimbangan hidup dan perkawinan, sembilan faktor sangat penting bagi keberlangsungan hidup seorang perempuan.

5 FAKTA UNIK KERINGAT MESKIPUN sama-sama berkeringat, ternyata kita memproduksi keringat dengan cara yang berbeda-beda. Laki-laki dan perempuan pun memiliki perbedaan dalam berkeringat.

CARA BUAT MUSIK ONLINE MELALUI BROWSER KOMPUTASI awan menjadikan pembuatan musik lebih mudah. Pecinta musik tidak usah lagi membeli perangkat lunak mahal untuk mengedit, merekam, dan me-mixing musik mereka.

promosikan pentingnya vegetarian. “Jika dia setuju, kami akan membuatkan pakaian yang seluruhnya terbuat dari selada. Ini akan menjadi gaun yang panjang, dan bisa dipastikan membuatnya seksi,” ujar perwakilan PETA India, Sachin Bangera. Bangera menerangkan balutan busana itu akan ditempelkan selembar demi selembar pada tubuh Gaga. Proses itu diperkirakan menyita waktu 5-6 jam. “Seseorang akan memegang spray untuk menyemprot air ke selada sehingga daun-daun itu tidak menjadi layu,” tambah Bangera. Gaya nyeleneh dan eksentrik perempuan bernama asli Stefani Joanne Angelina Germanotta itu mengingatkan orang pada penampilan penyanyi David Bowie. “Jadi diri sendiri dan cintai siapa kamu, dan banggalah karena kau telah dilahirkan seperti ini dari bayi,” kata Gaga soal penampilannya yang selalu eksentrik. Dalam jumpa pers menjelang GP India kemarin, penampilan Gaga lagi-lagi menarik perhatian. Meski berbalut gaun rancangan desainer India, ia menggulung rambut dan mengecatnya dengan tiga warna ala bendera India. “Saya bekerja dengan sangat keras, jadi semua penampilan saya akan sangat berbeda. Kita membangun panggung yang spesial untuk pertunjukan pada hari Minggu,” ujar peraih lima Grammy itu. Namun, dalam jumpa pers yang diselenggarakan di New Delhi itu Gaga tidak menyinggung soal tantangan aktivis PETA. “Busanaku akan menjadi paduan visi aku dan visi orang India. Sedikit modernisasi. Akan mengejutkan nanti, saya akan senang bila kalian melihat pertunjukan saya,” ujarnya lagi.(*/Samaylive/ Reuters/M-1)

AMPAK guncangan perekonomian global membuat target pertumbuhan ekonomi sebesar 6,7% dalam APBN 2012 sulit tercapai. Apalagi, kinerja penyerapan anggaran pemerintah masih rendah dan tidak membaik jika dibandingkan dengan tahuntahun sebelumnya. Direktur Riset Danareksa Purbaya Yudhi Sadewa mengemukakan hal tersebut, kemarin. Ia menanggapi target-target pada APBN 2012 yang telah disahkan dalam Sidang Paripurna DPR RI, Jumat (28/10). Purbaya memprediksi pertumbuhan ekonomi hanya

mampu mencapai 6,3%. “Ekonomi global sedang mengalami guncangan. Ini pasti berdampak pada Indonesia. Prediksi Danareksa pertumbuhan sebesar 6,3%,” ungkapnya. Di samping krisis global, menurut Purbaya, masalah penyerapan anggaran juga harus mendapat perhatian khusus. Target 6,7% bisa saja tercapai apabila penyerapan anggaran menunjukkan perbaikan yang cukup signifikan. Kinerja penyerapan anggaran, khususnya belanja modal, bahkan cenderung memburuk. Berdasarkan catatan Kementerian Keuangan, hingga 31 Agustus 2011, penyerapan be lanja modal baru sebesar 26,9%. Padahal, pada tahun lalu, belanja modal yang terserap

Penetapan ini (6,7%) seperti mengemudikan pesawat, tapi pilotnya tidur, hanya dijalankan mesin. Saya percaya bisa dicapai.” Faisal Basri Pengamat Ekonomi hingga 23 Agustus mencapai 34,6%. “Ini PR (pekerjaan rumah) bagi pemerintah, harus kerja keras,” tegas Purbaya. Berbeda dengan Purbaya, peng amat ekonomi Faisal Basri menilai target 6,7% tergolong konservatif. Semestinya, pertumbuhan ekonomi tahun depan bisa dipatok di 7% meski di tengah ancaman krisis global. “Penetapan ini (6,7%) seperti mengemudikan pesawat, tapi pilotnya tidur, hanya dijalankan mesin. Saya percaya bisa dicapai. Mengingat tahun ini

dari catatan triwulan I dan II ang kanya bisa sampai 6,5% hingga 6,6%,” ujarnya kepada Media Indonesia. Namun, Faisal dan Purbaya sama-sama menilai patokan inflasi APBN 2012 yang sebesar 5,3% terlampau tinggi. Bank Indonesia (BI) bersama pemerintah seharusnya bisa menekan inflasi di bawah 5% untuk menjaga kestabilan moneter. Lawan arus Sebelumnya, saat menyampaikan pendapat akhir pemerintah tentang APBN 2012, Menteri Keuangan (Menkeu) Agus Martowardojo menyatakan angka pertumbuhan ekonomi yang disepakati merupakan perkiraan yang cukup optimistis. Hal itu mengingat sejumlah negara di dunia justru memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi mereka akibat ketidakpastian ekonomi global

yang dipicu krisis fiskal dan utang di Eropa dan Amerika Serikat (AS). Menkeu mengatakan perlambatan pertumbuhan ekonomi sangat mungkin terjadi. Oleh karena itu, pemerintah akan berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. “Ini diupayakan melalui kebijakan fiskal yang ekspansif, khususnya dari konsumsi pemerintah dari belanja barang dan jasa maupun investasi melalui belanja modal,” ungkap Menkeu. Selain pertumbuhan ekonomi dan inflasi, APBN 2012 juga memuat asumsi nilai tukar rupiah 8.800 per dolar AS, suku bunga Surat Perbendaharaan Negara (SPN) tiga bulan 6,0%, harga minyak mentah Indonesia US$90 per barel, dan lifting minyak 950 ribu barel per hari. (*/E-1) jajang@mediaindonesia.com

Terry Pangkal Kekalahan the Blues KESALAHAN yang dibuat John Terry menjadi biang kekalahan 3-5 Chelsea dari Arsenal di Stamford Bridge, tadi malam. Kapten Chelsea yang sedang diselidiki atas dugaan ko mentar rasisnya kepada Anton Ferdinand itu terpeleset di menit ke-85 saat menerima backpass Florent Malouda. Bola yang terlepas tersebut dibawa Robin van Persie dan diceploskan setelah sebelumnya mengecoh kiper Petr Cech. Mental tim yang sudah keburu ambruk memudahkan Van Persie mencetak gol ketiganya di menit ke-90. Menurut pengamat sepak bola di Inggris, laga itu menjadi bukti bahwa Andre Villas-Boas sebenarnya tidak menge nal Terry. Untuk pertama kalinya sejak kalah 2-5 pada 1979, Chelsea kebobolan lima gol lagi dari Arsenal. Hal itu mengejutkan Andre Villas-Boas. “Kami bermain terlalu terbuka.” Hattrick Van Persie membawa Arsenal meraih kemenangan tandang pertama sejak Februari dan kemenangan ke-

TIGA GOL VAN PERSIE: Striker Arsenal Robin van Persie melewati kiper Chelsea Petr Cech dalam laga derby London yang berakhir dengan kemenangan the Gunners 5-3 di Stamford Bridge, tadi malam. REUTERS/DYLAN MARTINEZ

delapan ‘Meriam London’ dalam sembilan laga terakhirnya. “Ini hasil perjuangan keras kami,” ujar striker asal Belanda itu. Bagi Arsene Wenger, itu ke-

menangan ke-500 sejak menukangi Arsenal pada 1996. Arsenal tertinggal 0-1 lebih dulu lewat gol Frank Lampard di menit ke-14. Van Persie me-

nyamakannya 21 menit kemudian. Babak pertama berakhir dengan skor 2-1 setelah John Terry mencetak gol kedua the Blues.

Dua gol masing-masing dari Andre Santos di menit ke-49 dan Theo Walcott (55) membuat Arsenal berbalik unggul 3-2 sebelum disamakan Juan Mata 5 menit jelang peluit panjang. Pada pertandingan lainnya, Manchester United bangkit dari keterpurukan setelah dibantai 1-6 oleh rival sekotanya, Manchester City. Kebangkitan United itu ditandai dengan ke berhasilan ‘Setan Merah’ mengalahkan Everton 1-0 di Goodison Park. Kemenangan tersebut mengantarkan skuat asuhan Sir Alex Ferguson naik ke peringkat kedua klasemen sementara dan memperkecil selisih poin dengan City menjadi dua poin. Gol tunggal MU dicetak stri ker asal Meksiko Javier Hernandez. Gol Chicharito di menit ke-19 itu memberi United kemenangan pertamanya di Goodison sejak September 2007. Adapun bagi Everton, kekalahan itu merupakan yang keempat dalam lima laga terakhir. (Yan/R-2)


S TYLE

MERAKYAT BAK PISANG Fauzi Nugraha berkeinginan untuk membantu mereka yang putus sekolah lewat bisnis Imah Monyet. Move, Hlm 17

| MINGGU, 30 OKTOBER 2011 | HALAMAN 13

MI/ROMMY PUJIANTO

Motif Print kian Menarik Tren mode busana digital print terus berlanjut. Tekniknya semakin maju, mampu memanipulasi bentuk tubuh, menampilkan dekorasi yang rumit dan unik, serta mampu menguatkan desain busana. SISKA NURIFAH

B

KTZ

EST of British kembali digelar di Indonesia. Lewat hasil karya mereka, enam desainer asal Inggris, yakni KTZ, Belle Sauvage, Haizhen Wang, Vassilisa, Tim Soar, dan Boudicca, tampaknya masih meneruskan tren digital print lewat total 36 busana wanita yang diperagakan di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (25/10). Koleksi Kokon To Zai (KTZ), misalnya, mengambil inspirasi dari budaya Afrika. Desainer KTZ Marjon Perjoski dan Sasko Bezowski berkolaborasi menerjemahkan keindahan budaya dan suku-suku Afrika lewat beragam si mbol yang tumpang-tindih ataupun ekspresi permainan warna lewat teknik digital print. Gaun ketat sederhana berwarna pink cerah sebatas lutut, salah satunya, terlihat semarak dengan tampilan digital print yang kaya. Salah satu motif yang menonjol ialah print kupu-kupu yang manis, ditambah kalung dan aksesori khas Afrika yang menguatkan penampilan. Warna-warna busana yang cerah seperti pink dan biru tampak kian menonjol dengan digital print bercorak pada bahan. Sementara itu, busana print lainnya ditampilkan dengan gaya simpel lewat jaket dan gaun-gaun berlengan tiga perempat. Koleksi tersebut didominasi bahan satin yang lembut serta dipercantik taburan payet pada beberapa busana.

Semakin maju Permainan digital print juga ditampilkan desainer Belle Sauvage dalam berbagai potongan. Misalnya, gaun koktail berwarna kuning terang polos dengan teknik lipatan diselingi print multiwarna. Ada pula gaun panjang bergaya jersey cape dengan print di atas bahan sutra. Adapun desainer muda Haizhen Wang memilih menampilkan corak-corak karyanya dalam padu padan celana-celana

Haizhen Wang

panjang polos, sementara corak print ada pada atasanatasan bergaya longgar yang kasual dengan pilihan warna gelap. Wang juga menampilkan gaun biru muda longgar bermotif print untuk label yang baru diluncurkan 2010 lalu ini. Inspirasi motif print memang sangat beragam. Kreasi desainer Vassilisa menampilkan motif print yang terinspirasi dari gaya arsitektur Romawi dan Yunani kuno. Salah satunya ditampilkan dalam rok gaya belle--semilonceng--dengan corak simbol-simbol Roma dan Yunani, yang dipadu atasan berwarna biru langit tanpa lengan dengan potongan leher berbentuk V. Lain lagi, desainer asal London, Tim Soar, bergerak dari digital print ke techno print dengan garis desain yang lebih bersih. Gaya busananya modern dengan sentuhan androgini dalam pilihan warna-warna gelap. Beberapa kreasinya menggunakan bahanbahan mengilap dan dilengkapi aksesori kalung choker--menempel rapat di leher-yang tampil berani. Dari Boudicca, ada legging bermotif print dengan corak guratan-guratan berwarna hijau terang dan hitam tampil menarik. Rupanya Best of British terus diminati. Di Jakarta, ini merupakan tahun ketiga gelaran yang diadakan setiap enam bulan tersebut. Koleksi yang ditampilkan dapat langsung dibeli tamu yang hadir. Sebagian besar bahkan dibuat terbatas, hanya satu atau dua busana per desain. “Banyak desainer London yang tidak diketahui di Asia. Untuk itu, kami mencoba mengeksposnya. Dan kali ini, desainer mencoba mengangkat digital print yang lebih advanced, kuat, cantik, dan menarik,” ungkap Cary Cheng, Public Relations Glamour Inc, penyelenggara Best of British. (M-3)

Belle Sauvage

miweekend@mediaindonesia.com

Boudicca

FOTO-FOTO: MI/RAMDANI

Tim Soar

BLITZ

Tenun Aceh Berlaga di Paris

Desain Sesuai Usia emas, dengan perpaduan warnawarna yang cerah. Dengan filosofi religi yang luar biasa, (itu) dibuat dalam busana dengan taste global,” ungkap Amy dalam acara media gathering di kawasan Pancoran, Jakarta, Selasa (25/10). Keikutsertaan Amy dalam sebuah acara internasional, apalagi dihelat di salah satu kota yang dianggap sebagai kiblat fesyen dunia, merupakan upaya mendorong industri kerakyatan. “Juga, percepatan mewujudkan Indonesia sebagai kiblat fesyen muslim dunia pada tahun 2020,” tambah Amy yang juga menggagas perkumpulan Cinta Kain Aceh. Melalui empat lini busananya, karya-karya Amy telah menyentuh pasar dunia seperti Brunei, Malaysia, dan Arab Saudi. (SN/M-3)

DESAINER ternama Indonesia Amy Atmanto akan memamerkan koleksinya yang dinamai The Grand Aceh Heritage dalam acara International Fair of the Moslem World 2011 di Le Bourget, Paris, Prancis, Desember mendatang. Sesuai dengan nama koleksi tersebut, nantinya Amy akan menyajikan 10 koleksi busana muslim wanita dengan sentuhan tenun Aceh. Tenun Aceh, ujarnya, memiliki keistimewaan tersendiri jika dibandingkan dengan tenun daerah lainnya di Indonesia. Motifnya pun memiliki ciri khas sendiri, misalnya motif gayo, motif pucuk rebung, motif pintu Aceh, bunga melati, dan beragam motif lainnya. “Tenunnya lembut seperti sutra, kebanyakan dibuat dengan benang MI/ADAM DWI

KECINTAAN pada budaya Pulau Dewata menginspirasi desainer Yani Soemali untuk mengangkat tenun Bali dalam kreasinya. Rabu (26/10) lalu, Yani mempertunjukkan 36 koleksi busana wanita di Hotel Dharmawangsa, Jakarta. Dalam koleksinya tersebut, desainer berusia 46 tahun itu mencoba mengangkat songket Bali lewat kreasi busana-busana dengan gaya santai dan menarik. Yani memadupadankan kebaya dan jins, jaket-jaket songket, juga gaun-gaun simpel yang cantik tanpa melupakan usia pemakai. “Desain disesuaikan dengan usia sehingga tidak overdress, sesuai postur, lebih colourful, bahannya tidak berat, dan bisa dipakai pada siang hari maupun malam. Koleksi

MI/ADAM DWI

ini diharapkan bisa menjadi awareness terhadap budaya,” ungkap wanita yang telah terjun di dunia desain mode selama 20 tahun ini. Koleksi tersebut digelar Yani sebagai bagian dari rangkaian program bertajuk Aku Cinta Indonesia. Sebelumnya, Yani telah mengangkat beragam batik untuk koleksi busana kreasinya. Songket Bali yang diolah Yani diambil dari para perajin songket di Desa Klungkung, Bali. Menurut rencana, untuk koleksi berikut dalam rangkaian program yang sama, Yani akan mengangkat koleksi batik madura. (SN/M-3)


K ULINER

14

MINGGU, 30 OKTOBER 2011

Hangat Nikmat di Lembang, Bandung Dingin-dingin di Lembang, Bandung, berbeloklah ke Restoran Irish untuk menikmati spageti lada hitam atau beef snitzel zurichoise. Serbahangat dan tentunya sedap.

FOTO-FOTO: HOTEL GUMILANG

MENU: Tiga menu andalan Restoran Irish, Hotel Gumilang, di Bandung, (dari kiri) pisang bakar, spageti lada hitam, dan beef snitzel zuriohoise, mantap disantap hangat-hangat sambil

AUTENTIK

Soto Mie Wahid Hasyim BAGI siapa saja yang sering beraktivitas di kawasan sekitar kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, nama Soto Mie Wahid Hasyim pasti sudah tidak asing di telinga. Ya, lokasi warung legendaris ini memang di Jalan Wahid Hasyim. Warung soto mi yang menjadi usaha turun-temurun milik Haji Acef ini menyajikan sajian asal Bogor itu dengan kuah bening, yang kemudian menjadi ciri khas tersendiri dan diidolakan pelanggan setianya. Warung yang telah berdiri selama 42 tahun ini terbilang mudah dicari. Sebuah spanduk besar bertuliskan ‘Soto Mie Jalan Wahid Hasyim, Pindahan dari Pohon Besar’ terpampang di depannya. Saat disambangi Media Indonesia, warung sederhana di pinggir Jalan Wahid Hasyim tersebut ramai pengunjung. Maklum, saat itu jam menunjukkan waktu makan siang. Nasrullah, 45, adik ipar sang pemilik, sibuk meramu. Di samping kuali soto berjejer risoles, daging, paru, babat, perkedel, dan tahu. Haji Acef sendiri tengah berada di rumahnya di Sukabumi, Jawa Barat, serta menyerahkan pengelolaan sementara ke Nasrullah dan empat orang karyawannya. Sejak 1969, ungkap Nasrullah, soto mi ini mangkal di bawah pohon berukuran besar di Jalan Wahid Hasyim. Oleh sebab itu, penduduk sekitar sering menyebutnya soto mi pohon besar. “Namun, sebenarnya soto mi ini telah dijajaki kakek Haji Acef jauh sebelumnya. Dulu kakek berkeliling di kawasan Kampung Bali, Jakarta Pusat, dengan gerobak pikulnya. Haji Acef kemudian meneruskan bisnis sang kakek dengan mangkal di bawah pohon besar,” kata Nasrullah. Namun, sejak tiga tahun lalu, tenda soto mi yang sudah nangkring selama 39 tahun tersebut digusur untuk pembangunan hotel. Alhasil, sejak saat itu Haji Acef memindahkan warungnya ke kios sederhana yang hanya berjarak 100 meter dari lokasi lama. Hingga saat ini Haji Acef tidak membuka cabang. Ia fokus pada warungnya di Wahid Hasyim.

menikmati dinginnya hawa Lembang.

ROSMERY SIHOMBING

J

ALAN-JALAN ke Lembang, Bandung, Jawa Barat, belum lengkap bila tidak menikmati kulinernya. Ada banyak resto di sepanjang jalan menuju kawasan wisata berhawa dingin tersebut. Tetapi cobalah mampir menikmati spageti di Hotel Gumilang di Jalan Setia Budi. Jenis makanan asal Italia itu bukanlah hal baru bagi lidah sebagian besar orang Indonesia. Tetapi bagi pecinta kuliner, tidak ada salahnya mencoba spageti lada hitam dari Restoran Irish di hotel tersebut. Aroma tumisan daging tenderloin dengan minyak wijen, paprika merah-hijau, dan lada hitam yang dituang di atas mi spageti sangat menggugah selera. Kekenyalan mi pas, tidak keras ataupun terlalu lembek, al dante kata orang Italia. “Spageti lada hitam ini memang salah satu menu favorit di restoran ini,” ujar Eka Windy Cahyani, Banquet Manager Restoran Irish. Kekuatan jenis makanan tersebut, lanjut Eka, memang di sapi lada hitamnya yang sejak dulu ketika masih bernama Restoran Taipan menjadi menu favorit tamu-tamu. Menu Eropa Selain spageti lada hitam, jenis

makanan lain yang juga menjadi saknya mirip nasi timbel. Ada andalan, tambah Eka, adalah beef juga nasi goreng panggang yang snitzel zurichoise. Menu ini berupa sarat dengan aroma kemangi, daging tenderloin atau has yang yakni nasi goreng dibungkus disiram campuran saus serta daun pisang lalu dipanggang. Tiap weekend, kata Eka lagi, krim jamur kancing. Menu ini disantap dengan kentang parut resto ini juga menyajikan aneka yang dikukus setengah matang jajanan khas Sunda, seperti bajilalu dicampur bawang dan daun gur, bandrek, colenak (tape bakar), ketan bakar, pisang bakar, kucai. Sajian ini enak disantap selagi jagung bakar, dan tahu goreng. “Karena kalau ke Lembang, hangat dengan aroma bawang jajanan seperti itu yang dicari putih yang pengunjung,” ujarnya lagi. sangat kuat. Bagi pengunjung yang Ellen Tanti ingin tetap Martha, Sales & menikmati Marketing Managminum an dier Hotel Gumilang, ngin, meskimengungkapkan sebepun suhu di narnya makanan favorit Lembang sejuk, di restorannya adalah bisa memesan first oriental dan Nusantara, kiss, yakni campuran khususnya makanan jus nanas dan jeruk seSunda. gar lalu ditambahkan “Namun, kita juga irisan jeruk, cherry, dan harus menyajikan menu es krim vanila sebagai Eropa yang sudah akrab topping-nya. di lidah orang Indonesia, Semua menu terseseperti spageti atau beef but bisa dinikmati siapa snitzel,” ujarnya. saja yang berkunjung Lebih lanjut, Eka menamFirst kiss ke Bandung, khususbahkan, selain dua menu nya Lembang, sekalipun favorit tersebut, Restoran Irish tetap menyediakan aneka mereka tidak menginap di Hotel jenis olahan nasi, antara lain nasi Gumilang. Harganya cukup pepes peda bakar, nasi bakar teri, terjangkau, rata-rata Rp80 ribu dan nasi ijo, yaitu nasi yang di- termasuk minuman. (Ros) campur daun suji lalu dibungkus daun pisang. miweekend Kemasan dan cara mema- @mediaindonesia.com

RESEP

Spageti Lada Hitam Bahan: • • • • • • • • • •

tenderloin beef paprika hijau paprika merah bawang bombai bawang putih minyak wijen saus tiram lada hitam (biji) oriental oil (angciu oil) spageti

100 g 20 g 20 g 20 g 20 g 10 g 10 g 20 g 10 g 100 g

Cara memasak: 1. Masak spageti hingga matang, lalu tiriskan. 2. Campurkan semua bumbu, haluskan, dan masak. 3. Iris daging dan paprika membentuk dadu. 4. Goreng daging terlebih dahulu (1/4 matang), angkat dan tiriskan. 5. Panaskan wajan, lalu berikan minyak secukupnya. 6. Masukkan bahan bumbu yang telah matang, tumis hingga harum. 7. Masukkan daging, lalu paprika. 8. Siapkan spageti yang telah matang di atas piring, susun membentuk lingkaran. 9. Tuangkan sapi lada hitam di atasnya. 10.Makanan siap disajikan. Berikan daun mint atau peterseli sebagai hiasan.

MI/RULLI FIRDAUS

Cuka aren Soto mi ini menjadi idola pecinta kuliner autentik. Rata-rata, setiap harinya, warung ini dapat menyajikan sekitar 50 porsi soto mi. Namun, jika akhir pekan tiba, porsi yang dijual bisa lebih banyak. Hanya dengan harga Rp15 ribu per porsinya, Anda bisa mendapatkan sajian soto mi yang nikmat, berisi mi kuning, bihun, irisan kol, potongan daging sapi rebus, perkedel kentang ukuran kecil, yang seluruhnya diguyur dengan kuah kaldu bening panas lengkap dengan taburan bawang goreng dan emping di atasnya. Berbeda dengan lazimnya sajian soto mi, yang biasanya turut memasukkan potongan risoles, di sini risoles dihidangkan terpisah. Ternyata, salah satu kunci kelezatan ada pada cuka aren yang digunakan. Inilah yang membuat hidangan terasa lebih segar dan nikmat. Cuka aren yang berwarna putih itu ternyata buatan sendiri. “Cuka arennya alami, kita buat sendiri di Sukabumi. Inilah yang menjadi ciri khas soto mi di sini,” ungkap Nasrullah. Anda juga bisa menambahkan lauk-pauk lainnya, seperti potongan daging ekstra yang dibanderol Rp6.000, paru dan babat Rp5.000, dan risoles Rp2.000. Selamat mencoba! (SN/M-2)

SUMBER: RESTORAN IRISH

REKOMENDASI

Celap-Celup Churros ala Spanyol MAKANAN ‘Negeri Matador’ tak hanya melulu nachos. Sebagai kudapan, para pecinta kuliner bisa menikmati menu bernama churros, penganan mirip donat berbentuk panjang yang disajikan dengan celupan saus cokelat. Untuk mencicipinya, Anda tinggal berkunjung ke Cafe Churreria di Central Park, Jakarta Barat. Kafe ini khusus menyajikan churros sebagai menu utama dengan berbagai variasi. “Churreria itu bahasa Spanyol, artinya stan makanan yang menjual churros,” kata Feryando Firdaus, Manajer Cafe Churreria. Di negeri asalnya, churros menjadi jajanan yang populer di jalanan. Adonan tepung ini bisa dinikmati kapan saja, sebagai kudapan hingga makan siang. “Churros dikenal sebagai finger food yang banyak ditemui di pinggir jalan. Tapi di Indonesia, churros kita hadirkan dalam bentuk kafe seperti ini,” lanjut Feryando. Churreria menyajikan dua jenis menu churros, yaitu churros alacarte dan churros

and chocolate. Menu yang disebut terakhir merupakan menu orisinal yang bisa dimakan bersama-sama secara sharing sebagai

camilan. Terdiri dari empat hingga 12 potong churros dengan empat pilihan dipping sauce, yaitu melted dark chocolate, milk

chocolate, caramel, dan white chocolate. Walau memiliki adonan tepung yang mirip dengan donat, churros terasa lebih padat. Bentuknya yang panjang dan bersiku membuat permukaan luar terasa renyah. Adapun aneka dipping sauce dibuat dengan tekstur lembut dan kental sehingga terasa mantap berbaur dengan churros. Churros juga ditaburi dua pilihan topping. Ada cinnamon powder yang memberikan aroma rempah dan bubuk gula yang memperkuat rasa manis. “Cokelatnya sendiri sengaja diimpor dari Spanyol supaya menyerupai rasa orisinal di sana,” kata Feryando. Adapun churros alacarte merupakan menu yang dimodifikasi khusus oleh Churreria, dapat dinikmati dengan ukuran personal. Pengunjung bisa memilih aneka saus dan es krim berbeda sebagai campurannya, seperti rasa raspberry, mixed berries, oreo, dan banana split.

FOTO-FOTO: MI/ANGGA YUNIAR Untuk melengkapi sajian, ada minuman spesial yang bernama classic churreria, susu cokelat yang diramu sesuai dengan tradisi Spanyol. Selain itu, tersedia berbagai fruit mocktail dan aneka kopi. Sejak dibuka akhir Agustus, Churerria buka tiap hari dari pukul 11.30 hingga 23.30 WIB. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, berkisar Rp32 ribu hingga Rp70 ribu untuk makanan dan Rp28 ribu hingga Rp35 ribu untuk aneka minuman panas dan dingin. Selain di Central Park, Churreria sudah terlebih dulu hadir di Grand Indonesia, Jakarta Pusat. Mampir yuk! (CE/M-2)


15

MINGGU, 30 OKTOBER 2011

HOW

? TO

Ajang Menambah Teman Baru SIAPA yang tidak suka bermain? Selain mengisi waktu luang dan menghilangkan kepenatan, bermain juga menjadi aktivitas yang akan membawa kegembiraan, apalagi kalau dilakukan bersama teman-teman. Karena itu, saat ini muncul banyak komunitas, tempat kumpulnya mereka yang tertarik pada permainan tertentu. Selain berbagi cerita tentang gim yang dimainkan, kalian juga bisa mendapat teman main baru di tempat ini!

Audition Ayo Dance Kamu yang gemar dengan permainan Ayo Dance, pertandingan menari online, pasti tahu gim ini. Di situs ini, sahabat Move bisa menjumpai berbagai variasi gerakan tari, lagu, hingga menciptakan tokoh dengan kreasi kalian sendiri. Karena sistemnya online, jadi sahabat Move bisa bertanding dengan sesama pecinta Ayo Dance dari seluruh Indonesia. Situs: www.ayodance.com Twitter : GMAyodance

Saatnya Indonesia Bermain

Indoboard Games Nah, komunitas yang satu ini berpusat di Indonesia. Selain mengumpulkan para pecinta boardgames untuk berdiskusi di forum maya, para anggota juga rutin berkumpul untuk bermain bersama setiap hari Sabtu dan Minggu. Anggotanya pun variatif, dari mereka yang masih sekolah, sampai yang sudah bekerja. Jadi, kalau sahabat Move bingung ingin menghabiskan akhir pekan ke mana, silakan kunjungi situs mereka! Situs: www.indoboardgames.com

Board Game Geek

Rutinitas yang satu ini tidak hanya milik anak kecil. Kita pun butuh! HERVINNY WONGSO

A

OPINI MUDA

GENDA besar kembali diselenggarakan di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Bandung, Jawa Barat. Lebih dari 10 ribu pengunjung dimanjakan dengan lebih dari 250 jenis permainan. Dengan hanya membayar Rp10 ribu, mereka yang hadir bisa menikmati aneka media permainan yang disediakan dalam acara Indonesia Bermain! Ya! Dari namanya saja, sudah tergambarkan bahwa acara ini diisi dengan kegiatan menghibur diri yang paling mudah dan menyenangkan, yakni bermain. “Berapa dari kita yang masih berkumpul untuk betulbetul berinteraksi bersama keluarga, tanpa sibuk dengan ponsel masingmasing?” tanya Arief Widhiyasa, CEO Agate Studio (game developer), saat menceritakan latar belakang penyelenggaraan Indonesia Bermain yang perdana ini, Sabtu (22/10). Saat melihat fenomena inilah, boardgames developer Kummara dan Agate Studio bekerja sama dengan beberapa komunitas dan perusahaan menghadirkan Indonesia Bermain. Dengan memadukan beragam permainan, yang sebagian besar bisa dimainkan secara massal dalam satu tempat, masyarakat diharapkan bisa kembali mencintai budaya bermain. “Kita ingin mengubah persepsi masyarakat yang negatif tentang kata ‘bermain’.

Board Game Geek ialah situs yang mempertemukan para pecinta boardgame dari seluruh dunia. Lebih dari 45 ribu permainan media papan dibahas dalam situs ini. Selain menyediakan forum diskusi, situs ini juga rutin mengadakan Board Game Geek Golden Geek Award setiap tahun di Texas, Amerika Serikat, sebagai bentuk penghargaan bagi para kreator permainan papan di seluruh dunia. Lumayan kan menambah teman dari seluruh dunia? Hehe. Situs: www.boardgamegeek.com

Bahwa ia tidak selalu negatif karena banyak hal yang bisa kita pelajari di sini, seperti pantang menyerah,” tambah Arief.

So, selamat mencari teman baru! (*/M-6)

Cinta bermain Dalam acara yang mengusung tema When playing is good for your life, aneka jenis permainan bisa dijumpai di sini, mulai yang menggunakan media komputer, papan, atau yang sarat nuansa tradisional, hingga yang serbadigital. Hebatnya, sebagian besar merupakan karya lokal! Sebut saja, angklung digital Bamboo Beat, karya salah satu lulusan Fakultas Desain dan Seni Rupa Institut Teknologi Bandung (ITB), Utami Fitriani. Atau, permainan Punakawan, karya Kummara, yang berawal dari komunitas pecinta boardgames. Selain Punakawan, Kummara menghadirkan Simpang Dago, permainan papan yang sedikit menyerupai monopoli. Permainan lain yang juga cukup menarik perhatian pengunjung ialah tarik kerbau. Di sini, pemain harus menarik kepala kerbau yang telah dihubungkan dengan tali, selama mungkin, melawan beban tali yang semakin lama semakin berat. Meski sempat memindahkan kerbau hampir 50 cm, sekelompok pengunjung tetap cuek menarik tali dengan penuh semangat. Sorak bahagia pun pecah seketika saat mereka berhasil memecahkan nilai tertinggi dari rekor sebelumnya.

SAAT lihat promosi acara ini lewat Twitter, aku langsung tertarik, karena judul acaranya Indonesia Bermain. Acaranya seru sesuai bayanganku. Banyak mainan seru, hehe. Kalau bete atau bosan, obatnya pasti bermain. Kalau ada yang bilang bermain bisa menyebabkan pelajaran terganggu, aku enggak setuju. Yang penting kan pintar bagi waktu. Otak juga capek kalau diajak belajar terus, hehe. Maka dari itu, kita butuh main.

FOTO-FOTO: MI/ROMMY PUJIANTO

Keseruan bermain semacam inilah yang menarik minat para anggota komunitas Indo Boardgames. Walau harus merogoh kantong cukup dalam untuk membeli mainan yang sebagian besar produk luar negeri, Nugi, salah satu pengunjung, mengaku tidak keberatan. “Setelah sibuk seminggu penuh, main ini menjadi refreshing yang menyenangkan. Lagi pula, mainan ini akan bertahan lama,” kata Nugi. Lebih dari 50 koleksi pribadi para anggota yang diboyong ke Indonesia Bermain ternyata menjadi incaran para pengunjung. Move tidak ketinggalan mencoba salah satu permainan Rallyman. Meski awalnya rumit, ternyata permainan itu cukup bikin ketagihan. Hehe.

Sosialisasi Selain jumlah peserta yang cukup membeludak, Eko Prasetyo, inisiator Indonesia Bermain, menuturkan bahwa kadar keberhasilan acara ini juga diukur dari seberapa banyak pengunjung yang mulai kembali mencintai budaya bermain. Untuk itulah Eko menghadirkan kompetisi

pada beberapa permainan. “Banyak interaksi yang terjadi ketika kita bermain, meskipun dengan yang baru kita kenal. Ini dia salah satu kelebihan bermain,” tutur Eko. Tidak sekadar menjadi pelepas kepenatan bagi masyarakat umum, kehadiran Indonesia Bermain telah membawa angin segar bagi para pekerja industri gim. “Dari sini, saya bertemu dengan banyak yang satu misi, yakni mengembangkan industri bermain di Indonesia,” ungkap Eko. Dengan penuh semangat, Eko mengungkapkan harapannya agar masyarakat bisa lebih mengapresiasi budaya bermain layaknya di luar negeri. Dengan demikian, mereka yang berkarya di bidang ini semakin termotivasi untuk berkreasi. “Jerman bahkan punya Board Games Awards untuk permainan terbaik,” jelasnya. Lewat pengadaan Indonesia Bermain secara rutin, Eko dan kawan-kawan yakin segala karya hasil anak bangsa akan bisa memberikan sesuatu yang baik untuk masyarakat Indonesia. So, sampai jumpa di Indonesia Bermain tahun depan! (M-6)

SEHARI-HARI aku suka main gim, seperti Angry Birds dan beberapa gim komputer lain seperti Point Blank. Pokoknya kalau yang menantang, atau petualangan, aku suka deh, hehe. Menurutku, bermain tidak hanya untuk refreshing. Lewat gim, kita mendapat banyak wawasan juga, misalnya tentang kota tertentu. Selain itu, kita juga bisa berinteraksi dengan banyak orang, bisa nambah teman juga. FOTO-FOTO: DOK. PRIBADI

Nevia Rizki, SMAN 13 Bandung

Yudi Sunardi, Universitas Komputer Indonesia (Unikom), Bandung

FOTO-FOTO: MI/ROMMY PUJIANTO

Flash Mob Tari Tradisional SELAMAT buat Adang Nur Muhammad Iskandar, Bina Sarana Informatika (BSI), Jakarta, yang memenangi Move Quiz Let’s Mob! edisi 16 Oktober lalu. Mob dance nuansa hip hop memang sudah biasa. Kalau tari tradisional, itu baru beda! Waktu pengadaannya juga unik, yakni setelah upacara bendera di sekolah. Karena harus diam-diam, jadi tarinya hanya disiapkan oleh beberapa kelas tanpa sepengetahuan kelas lain. Ketika upacara selesai, lagu daerah akan dimainkan. Yakni, Yamko Rambe Yamko. Setelah musik berbunyi, siswa pemimpin tarian akan masuk ke tengah lapangan untuk menari dan diikuti oleh siswa lain. Selain menghibur, tarian ini juga bisa digunakan untuk mengampanyekan tarian tradisional kepada generasi muda. Silakan dicoba! Sekali lagi, selamat ya! Buat Sahabat Move yang lain, ikuti Move Quiz edisi berikutnya, ya. Berani terima tantangan dan tetap kreatif. (*/M-6)


16

MINGGU, 30 OKTOBER 2011

Highscope Gelar Simulasi Sidang PBB HERVINNY WONGSO

DOK. FESTIVAL PEMUDA

UNJUK KEBOLEHAN: Pentas kesenian oleh perwakilan Indonesia yang ikut serta dalam Japan ASEAN (Jasean) di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (23/10).

Semangat Pemuda Indonesia Peringatan Sumpah Pemuda bukan semata mengingat kembali tiga butir Sumpah Pemuda. Masih banyak hal yang dapat dilakukan untuk menunjukkan semangat pemuda. RULIANI FITRI

B

ANYAK k kegiatan yang dapat dilakukan dalam rangka memperingati m Sumpah PeS muda mu uda yang jatuh pada 28 Oktober lalu. Tidak Ti dak semata harus kembali kem mbali mengingat kembali in ngat atau mendeklamasikan mendeklamas tiga ga butir Sumpah Pemuda yang dibacakan pada 1928. Salah satu cara mengembalikan semangat Sumpah Pemuda saat ini dengan festival pemuda dan olahraga Indonesia yang berlangsung di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, 22-23 Oktober. Festival yang diselenggarakan oleh kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)

itu diramaikan oleh berbagai kreativitas dan aktivitas anak muda dan juga pameran yang diikuti 400 stan. “Kita harus mengisi bulan Oktober dengan aktivitas dan kreativitas anak-anak muda. Semangatnya harus tetap semangat tahun 1928, semangat Sumpah Pemuda, tetapi perwujudannya, implementasinya untuk tahun 2011, tentu saja harus dengan gaya anak muda tahun 2011. Yang penting bagaimana aktivitas dan kreativitas kita padukan dalam kegiatan ini,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Alifian Mallarangeng dalam pembukaan. “Tahun ini tahun pertama. Tahun depan kita bikin lebih bagus lagi, lebih semangat lagi sehingga bulan Oktober betul-betul menjadi bulannya para pemuda,” imbuh Andi. Dalam kesempatan itu, Menpora berharap pemuda Indonesia bisa berprestasi di tingkat dunia sesuai dengan bidang masing-masing. “Kami berharap anak-anak muda Indonesia bisa meraih prestasi di tingkat dunia pada bidang masing-masing. Serta anak-anak muda harus mempunyai cita-cita setinggi mungkin,” harap Menpora. Pernyataan itu bukan sembarang pernyataan. Pasalnya, sejumlah anak muda Indonesia yang hadir ternyata mampu unjuk gigi di ajang dunia. Seperti paduan suara mahasiswa Universitas Kristen Indonesia Paulus (UKIP) Makassar yang akan tampil di ajang internasional Praga Cantat Grand Prix

25th Anniversary International Choir Competition and Festival, di Ceko, 27-30 Oktober. Selain paduan suara dari mahasiswa UKIP Makassar, ada juga empat anak muda Pencinta Alam (PA) Mahitala dari Universitas Parahyangan, Bandung, yang juga menarik perhatian. Pasalnya, dalam satu tahun ini, mereka berhasil menaklukkan tujuh puncak gunung dunia, di antaranya Gunung Karten Piramid di Papua dan Gunung Kilimanjaro di Tanzania, Afrika. Keempat pemuda itu, sebelum berangkat, sempat mendapatkan titipan berupa bendera Merah Putih dari Menpora. Dengan demikian, setelah sukses menaklukkan tujuh puncak dunia itu, mereka mengembalikan bendera tersebut kepada pemiliknya. “Bendera tersebut akan dipasang di Kementrian Pemuda dan Olahraga sebagai kenang-kenangan dari pencinta alam Mahitala Bandung,” ungkap Andi Mallarangeng saat menerima bendera Merah Putih dari salah satu anggota Mahitala.

Duta muda Di samping mengikuti festival pemuda dan olahraga Indonesia, sebanyak 28 pemuda Indonesia terpilih mengikuti program kapal pemuda ASEAN Jepang atau Ship for South East Asian Youth Program (SSEAYP) 2011. Ajang tersebut merupakan program persahabatan dan pertukaran pemuda-pemudi dari negara anggota

asosiasi negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) dan Jepang. Program itu melibatkan 330 orang anak muda terbaik perwakilan dari 10 negara ASEAN. Japan ASEAN (Jasean) merupakan ajang silaturahim ASEAN dan Jepang. “ASEAN dan Jepang merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan,” ujar Presiden Jasean Rino Wicaksono, di GBK, Minggu (23/10). “Nanti setiap negara yang dikunjungi ada kegiatan di atas kapal dan kegiatan negara yang dikunjungi (country programme). Jadi, mereka membuat kegiatan untuk masyarakat selama 54 hari, dan selama 54 hari ini peserta akan menggunakan kapal Fuji Maru,” imbuh Rino Wicaksono. Di dalam acara pelepasan itu, sejumlah hiburan disuguhkan, di antaranya penampilan sejumlah pemuda yang m e m a i n k a n Ta i k o Eisa--bentuk tari dengan melemparkan drum ke udara-digabungkan dengan lagu Kucing Garong. Selain itu juga ada tarian nelayan Jepang yang dipadukan dengan lagu dangdut, yang membuat penonton yang hadir ikut bergoyang. Tidak ingin tertinggal, ke-28 perwakilan Indonesia juga unjuk kebolehan dengan berbagai tarian budaya Indonesia. “Acara ini seru banget, sangat variatif, apalagi ketika penampilan kami, hehe.... Pada intinya banyak hal yang didapat seperti perpaduan kebudayaan dari berbagai provinsi, kami menyatukan keragaman dan kekompakan,” ungkap pimpinan kontingen Jambi, Donal Tumbolon. “Saya berharap kegiatan ini tidak berhenti hanya sampai di sini karena Indonesia sangat kaya akan kebudayaan, bahasa, dan itu lebih luar biasa ketika kita tampilkan di luar negeri,” tandas Donal Tumbolon. (M-6)

CREATIVE MOVE

Hiasan Jepitan Rambut dari Gulungan Tali Sepatu Karya: Palupi Mutiasih SMK N 9 Jakarta

Cara membuatnya:

2

Ukur dan gunting 1 tali sepatu warna merah dan 1 tali sepatu warna putih berukuran 55 cm. Kedua tali digulung dengan rapi dan rekatkan akhir gulungan dengan lem. Ini akan menjadi bagian kepala.

3

- Penggaris - Jepitan rambut polos

Bahan: - 3 tali sepatu warna merah dan 3 tali sepatu warna putih dengan ukuran standar. - 1 lem lilin - 1 lem - Gunting

1

Ukur dan gunting 2 tali sepatu warna merah dan 2 tali sepatu warna putih sampai berukuran 15 cm untuk membuat bagian telinga. Lakukan seperti tahap pertama, digulung, dan direkatkan.

“AFRIKA Selatan pernah merasakan bagaimana beratnya hidup dalam pembedaan. Karena itu, kami menolak diskriminasi terhadap alien.” Pendapat yang disampaikan dengan serius oleh delegasi Afrika Selatan itu langsung dibantah wakil dari Arab Saudi. “Kita tidak tahu apa itu alien. Menerima mereka bisa saja menghadirkan masalah baru bagi dunia, terutama di bidang keamanan,” balas si delegasi. Selanjutnya, lontaran pendapat pun terus meluncur dari perwakilan negara lain, di ruang sidang UNICEF itu. Rangkaian diskusi yang digelar satu hari penuh di SMA Highscope, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (26/10), itu merupakan simulasi yang diadakan sebagai ‘pemanasan’ menjelang Highscope Model United Nations (HSMUN), November mendatang. Tercatat, sekitar 100 siswa dari 11 sekolah di Jakarta hadir dalam kegiatan tersebut. Dengan kehadiran mereka, para siswa pun berubah peran menjadi delegasi dari 19 negara anggota Perserikatan BangsaBangsa (PBB)! Dengan mengikuti sistem MUN, HSMUN membagi para delegasi ke dalam beberapa badan PBB, antara lain UNHCR (perlindungan masyarakat rentan dan pengungsi), ILO (organisasi buruh internasional), UNICEF (dana PBB bagi program anak-anak), UNEP (badan PBB untuk program lingkungan), dan UNIFEM (dana PBB bagi program perempuan). Di situlah, para delegasi melakukan diskusi dan negosiasi terkait dengan isu yang dibahas. Tentunya dengan memperjuangkan negara yang diwakili. “Acara ini bikin adiktif, mulai dari diskusinya, debat, negosiasi, melatih bahasa Inggris, termasuk ketemu teman baru. Ini tahun keduaku. Masih pengen ikut lagi. Hehe,” cerita Kartika Silalahi, siswa kelas 3 SMAN 8 Jakarta. Sebagai pembekalan bagi peserta yang baru pertama kali mengikuti acara semacam itu, panitia pun menghadirkan beberapa pembicara tamu terkait dengan isu internasional

FOTO-FOTO: DOK SMA HIGHSCOPE

Acara Pembukaan HSMUN 2011 yang diikuti oleh 95 peserta dari 11 SMA se-Jabodetabek. yang sedang hangat dibicarakan, seperti lingkungan hidup, penghematan energi, dan perdagangan manusia, termasuk kiat bernegosiasi. “Negosiator yang baik ialah mereka yang menguasai prosedur politik lawan bicaranya, bisa berkompromi, dan percaya diri,” ujar Melany Tedja, salah satu pembicara tamu dari rekan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia.

Sama dengan level kampus Meski dilaksanakan siswa SMA, acara ini tak kalah dari MUN level universitas, lo. Apalagi dengan mengenakan setelan resmi ditambah jas rapi, baik panitia maupun partisipan terlihat layaknya partisipan konferensi. Ditambah lagi, penggunaan bahasa Inggris sepanjang acara membuat nuansa diskusi tingkat internasional semakin terbangun. Tidak hanya penampilan, kerja para panitia juga patut diacungi jempol. Lewat persiapan sekitar 1,5 bulan, Aiduri Asfirna dan 40 panitia lainnya berhasil mengatur jalannya simulasi dengan cukup baik. “Pertama-tama susah karena aku harus mimpin banyak orang. Tapi selama proses memimpin itulah, aku mendapat banyak pelajaran, mulai dari komunikasi, negosiasi, dan menjalin kerja sama,” tutur siswa kelas 3, yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal HSMUN itu.

dibakar terlebih dahulu. Hiasan yang telah terbentuk direkatkan ke jepitan polos yang telah dipersiapkan dengan menggunakan lem. Jepitan pun siap digunakan.

4

Bila sudah selesai, rekatkan semua bagian hingga membentuk kepala Mickey Mouse dengan menggunakan lem lilin, yang Delegasi HSMUN 2011 dalam simulasi sidang UNIFEM. Dalam menanggapi penyelenggaraan HSMUN yang sudah memasuki tahun ketiga, Bambang Eko Nugroho, selaku kepala sekolah Highscope Jakarta, memaparkan harapannya kepada Move. “Lewat ini, kita ingin para siswa bisa mempraktikkan segala ilmu yang dipelajari di sekolah dalam dunia nyata. Salah satunya, bahwa kita punya aturan saat ingin menyampaikan argumentasi,” terang Eko. Model United Nations (MUN) merupakan kegiatan yang diadakan untuk memberikan pemahaman kepada para generasi muda tentang sistem kerja PBB. Lewat MUN, para peserta diharapkan bisa memahami bahwa keputusan yang negara mereka ambil juga akan berdampak pada tingkat regional hingga dunia. (M-6) FOTO-FOTO: DOK. PALUPI MUTIASIH


17

MINGGU, 30 OKTOBER 2011

Merakyat bak Pisang

EVENT

“Saya percaya, setiap ti orang ttelah l h diberi jatah untuk gagal. Jadi, jangan takut. Semakin cepat menghabiskan ‘jatah’ kegagalan, semakin cepat kita akan berhasil.”

DOK. MI/PHILEN

Festival Buku UI UNIVERSITAS Indonesia (UI) mengadakan UI Book Festival 2011. Acara yang berlangsung di Plaza Perpustakaan, Universitas Indonesia, Depok, ini merupakan bagian dari acara tahunan yang dimiliki oleh Universitas Indonesia. Peserta yang hadir bukan semata dari kalangan mahasiswa, melainkan juga dari taman kanak-kanak (TK) serta orangtua yang mengamati kegiatan anak-anak mereka. Rangkaian kegiatan yang dikemas UI Book Festival dimulai pada Kamis (20/10) hingga Sabtu (22/10). Panitia acara, Lisna, menyatakan visi acara ini ialah mengampanyekan minat baca kepada masyarakat serta memiliki misi ‘mengendalikan kreativitas imajinasi dari siswa-siswi dari taman kanak-kanak’. Selain itu, untuk menghiasi jalannya acara UI Book Festival, bazar buku pun digelar. Bazar tersebut terdiri dari berbagai stan-stan buku dan pameran perpustakaan yang beraneka ragam, di antaranya Csis, Erlangga, Perpustakaan Bank Indonesia, dan Perpustakaan Komnas HAM. Acara juga dilanjutkan dengan talk show career in librarianship, talk show industri kreatif, diskusi film, diskusi buku bersama OPMI oleh Media Indonesia, dan sebagai penutup, ditampilkan sejumlah band. (*/M-6)

HERVINNY WONGSO

S

EGALA macam usaha pernah ia cicipi. Dari yang kecil, seperti membuat stiker kelas, kaus, dan percetakan, hingga event organizer. Kesulitan mencari modal juga telah ia rasakan, bahkan dengan kenangan beberapa kali gulung tikar. Meski begitu, Fauzi Nugraha tak pernah kapok. Target pensiun di usia 40 tahun ia jalani dengan optimistis. Tak hanya untuk keuntungan pribadi, Fauzi juga berkeinginan untuk membantu mereka yang putus sekolah lewat bisnis Imah Monyet yang telah tersebar di Subang, Bandung, dan Sukabumi ini. Sejak kapan berkenalan dengan bisnis? Tahun 2003, saya pindah dari Subang ke Bandung untuk melanjutkan SMA. Karena kepepet uang, saya harus bekerja. Anak SMA lagi suka bikin pin dan kaos kelas. “Wah jadi calo aja,” pikir saya waktu itu. Akhirnya, saya jadi koordinator tiap kali kelas mau bikin pin atau kaus. Saya carikan tukang desain dan jahit. Pernah juga saya jualan stiker di sekolah. Sistemnya juga sama. Saya suruh teman untuk bikin desain, kemudian saya kirim ke orang sablon. Saat itu, enggak ada modal untuk bayar sablon. Untung ada teman yang bersedia memberikan modal. Jadi setelah jualannya laku, hasilnya dibagi dua. Setelah itu? Tahun 2006, saya mulai belajar program desain supaya bisa mendesain sendiri. Karena orderan semakin banyak, bersama beberapa teman kami membuat distro. Setelah jalan enam bulan, usaha kami bangkrut, ditambah dengan menanggung utang. Untungnya setelah negosiasi, utangnya bisa dicicil. Dari sana, kami belajar untuk memperbaiki sistem. Setelah hampir satu tahun, utang pun lunas. Kemudian, kita bikin usaha palu gada, ‘apa aja lu butuh, gue ada’. Mulai dari bikin brosur, bikin acara, komputer, EO, hingga internet marketing, semua tawaran kita terima deh, supaya bisa mendapat penghasilan. Hehe.

Bisnis kan rawan bangkrut. Enggak takut? Iya. Tapi, dari beberapa kejadian bangkrut, serta motivasi temanteman, saya belajar bahwa kalau ada tanjakan tajam, pasti ada turunan tajam. Kalau bisa menyelesaikan tantangan yang susah, pasti reward-nya banyak. Karena itu, tidak usah takut. Dari mana dapat ide Imah Monyet?

EKSIS

DOK. DJARUM FOUNDATION

MI / ROMMY PUJIANTO

FAUZI NUGRAHA Tempat, tanggal lahir: Subang, 8 Maret 1987 Pendidikan: Politeknik Negeri Bandung Prestasi:

Juara 3 lomba matematika tingkat kota, Subang, 1997

Juara BSI School Performance, kategori musikal Antv, 2005

Juara 2 Liga U-Cup SMAN 2, Bandung, 2006

Juara Shell Live Business Start Up, Jakarta, 2011 Website: www.imahmonyet.com

Setelah mencoba beberapa bisnis, saya melihat usaha kuliner punya market yang bagus. Selain itu, saya juga bisa mempekerjakan banyak orang untuk bisnis ini karena tidak menuntut skill yang tinggi. Tahun 2010, saya tawarkan konsep Imah Monyet (rumah monyet) ke beberapa teman. Ada yang mau modalin, ada

yang enggak. Akhirnya, dua orang bersedia memberikan modal. Padahal, saya belum riset produk dan lain-lain. “Kita mah percaya aja,” kata teman saya. Akhirnya, dengan modal Rp9 juta, kita mulai bikin kedai. Pekerjanya saya rekrut dari teman-teman atau tetangga yang sudah putus sekolah. Hitung-hitung membantu mereka juga. Hasilnya, alhamdulillah. Ngomong-ngomong, kenapa pisang? Enggak buah-buahan lain saja? Sebab pisang merupakan salah satu hasil Nusantara yang gampang diolah, dan murah. Prospek ke depannya juga bagus karena peminat pisang termasuk banyak. Selain itu, yang kita tekankan di sini adalah pengunjung tidak hanya mencicipi makanan, tapi juga mendapatkan pengalaman, minimal terhibur. Misalnya, dari nama aneh yang kita buat. Atau mata uang monyet, ‘ngik’, yang berlaku di kedai ini. Jadi kita percaya, kita bisa bersaing dengan konsep ini. Bagaimana cara kamu memimpin para pegawai? Salah satu alasan saya membangun Imah Monyet adalah untuk membantu mereka yang putus sekolah. Banyak orang di sekeliling saya yang harus menganggur karena pendidikan

mereka hanya SMP. Mau melanjutkan sekolah juga susah karena mereka sudah cukup berumur. Makanya, saya perbantukan mereka di sini. Selain bekerja, mereka juga harus belajar cara membuka usaha. Paling lama, mereka hanya boleh bekerja tiga tahun di sini. Setelah itu, mereka harus bikin usaha sendiri. Soalnya masih banyak yang perlu dibantu, enggak cuma mereka, itu yang selalu saya tekankan. Jadi, setelah saya ‘meluluskan’ tiga orang menjadi pengusaha, selanjutnya mereka yang akan membantu orang lain lagi. Begitu seterusnya. Dengan demikian, banyak orang yang akan terbantu. Bagaimana rencana untuk Imah Monyet? Kita punya target untuk membuka 100 gerai Imah Monyet di Indonesia. Sekarang sudah lumayan banyak permintaan di daerah. Untuk itu, kita masih meningkatkan kualitas dan Imah Monyet sendiri. Saya juga bercita-cita satu hari nanti kita punya kebun sendiri, dengan konsep kawasan tematik. Ada kebun binatang, kafe, dan tempat bermain untuk anak-anak. Saya juga bermimpi membangun dunia Imah Monyet, seperti arena bermain, tapi bertemakan jungle. Semoga bisa segera diwujudkan. Hehe. (M-6)

Monopoli Indonesia dari ITS MAHASISWA Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS) kembali menorehkan prestasi. Kali ini, salah satu mahasiswi, Bin Haryati, menyabet gelar juara 1 lomba karya tulis (LKT) bertemakan Masa depan keindonesiaan, yang digelar Djarum Foundation. Lewat karyanya, Bin menyisihkan 164 karya yang datang dari sekitar 50 perguruan tinggi di Indonesia. Dalam tulisan berjudul Menghidupkan Wawasan Kebangsaan Anak Indonesia melalui Permainan Edukasi Monopoli Cinta Indonesia, Bin mengembangkan ide bagaimana permainan asal Amerika itu bisa dimodifikasi dengan nuansa serba-Indonesia. “Sistemnya ini sama, ada dana umum dan kesempatan. Tetapi, ‘Monci’ mengangkat seputar Indonesia. Kota-kotanya juga. Jadi bisa sekaligus memperkenalkan budaya lokal,” jelas mahasiswi kelahiran Madiun ini. Setelah masuk 12 karya terbaik, Bin dan kandidat lain juga wajib mempresentasikan tulisan mereka di hadapan para dewan juri. “Semua karya bagus dan layak menjadi pemenang. Tapi, karya Bin terpilih karena ia paling memenuhi syarat koneksi, konsepsi, dan kompetensi yang kuat,” ujar Soefjan Tsauri, salah satu juri sekaligus ketua majelis profesor riset Indonesia. Menyusul Bin, Beswan Djarum yang menduduki peringkat 2 dan 3 adalah Ahmadun dan Contardo Satria Gondokusumo. Keduanya berasal dari Institut Pertanian Bogor. Seusai perlombaan, Primadi H Serad mengungkapkan kesiapan Djarum Foundation untuk mendukung para peserta di masa mendatang. “Bagi mereka yang ingin merealisasikan ide, kirimkan saja proposal. Kita siap membantu,” ujar Program Director Bakti Pendidikan Djarum Foundation itu. (*/M-6)

permainan buat hidup lebih baik

B

OSAN pastinya bila setiap hari melakukan rutinitas yang sama berulang. Ternyata setiap orang membutuhkan waktu bermain untuk kembali menyegarkan pikiran dan mengembalikan semangat kita untuk melanjutkan aktivitas lainnya. Akan lebih seru lagi, bila berbagai permainan baik lokal maupun permainan terbaru dapat dimainkan di satu lokasi. Ya, keseruan bermain di satu lokasi itu diwujudkan di Gedung Sasana Budaya

Ganesha (Sabuga), Bandung, Jawa Barat, akhir pekan lalu. Lebih dari 10 ribu pengunjung dimanjakan dengan lebih dari 250 jenis permainan. Dengan hanya membayar Rp10 ribu, mereka yang hadir bisa menikmati aneka media permainan yang sedang disediakan, dalam acara Indonesia Bermain! Mengusung tema When playing is good for your life, aneka jenis permainan bisa dijumpai di sini, mulai dari yang menggunakan media komputer, papan, atau yang sarat nuansa tradisional,

hingga yang serbadigital. Hebatnya, sebagian besar ialah karya lokal! Sebut saja, angklung digital Bamboo Beat karya salah satu lulusan fakultas desain dan seni rupa Institut Teknologi Bandung (ITB), Utami Fitriani, atau permainan Punakawan karya Kummara, yang berawal dari komunitas pecinta boardgames. Selain Punakawan dan Kummara juga dihadirkan Simpang Dago, permainan papan yang sedikit menyerupai monopoli. Semua permainan itu, tidak

sekadar menjadi pelepas kepenatan bagi masyarakat umum, kehadiran Indonesia Bermain telah membawa angin segar bagi para pekerja industri gim. Ingin tahu lebih banyak tentang permainan yang ada di Indonesia Bermain dan keseruan lainnya. Simak obrolannya di The Now Generation on the Move, Kamis, 3 November 2011, pukul 20.00 WIB, mendatang. Bersama Marsha Trax FM dan Move Media Indonesia. Stay tune at 101.4 Trax FM Jakarta! Don’t miss it! (Rin/M-1)

e too b ‛t n o D “ ife is L . s u o i ser way.” y n a y a l ap ta

uryawina

arsha S

Host: M

LIVE INTERAKTIF, KAMIS, 3 NOVEMBER 2011 20.00-22.00 WIB ON 101.4 TRAX FM


18

Minggu, 30 oktoBER 2011

Folklore from South Kalimantan

Hampang Datu

ONCE upon a time in South Kalimantan, there was a village named Padang Batung. The villa­gers were farmers. They were very grateful to have such a fertile land. They all lived prosperously. To show their gratitude, they regularly held a ceremony. It was held after they had harvest. They named it Manyanggar Banua. In the ceremony they prepared offerings. Food and beverages were arranged nicely as the offerings. The villagers just harvested. Soon they would have Manyanggar Banua ceremony. Men and women, young and old started to prepare their place. Some were busy cooking and others were busy cleaning and preparing their place. Everything was set. Food and beverages were ready. Their place was clean. On the following day they would hold the ceremony. It was dawn. Someone was screaming! “Hey! Where’s the food? Who stole the food for the offerings?” People immediately came to see what happened! They all were shocked to see their offerings were in a mess. “What happened here? Who did

this? Who ate this food?” Those were the questions. Nobody knew the answers. “We have to find who did this! We have to pu­ nish the thief!” “Yes, but how?” asked someone. “I have an idea. We set the food and the beve­ rages once again. But we put the rice in a leaked pan. When the thief brought the pan, we can follow the trail of the rice.” “It’s a good idea. Let’s do it” Then the villagers once again set their offerings. They cooked some rice and put it in a leaked pan. They all hoped they could catch the thief. They set the offering as they did it earlier. They also cleaned the mess. At night they all went home. In the morning, all the villagers woke up and immediately went to the place of their ceremony. And yes, the place was in a mess again. And the pan was missing. “Hey, look! There is some rice here. Let’s follow the trail!” The villagers carefully followed the trail. They did not want to miss the rice on the ground. The trail stopped in front of a cave. The villagers were hesitant. “What should we do? Should we enter?” “No!” said an old woman. She continued, “Do you know who lives here?” “I don’t. Please tell me who lives here.” “It’s a spirit called Datu. It’s very dangerous if we go inside the cave,” said the old woman. “So, what should we do?” “Just close this cave with bamboos. I’m sure the spirit will never disturb us again.” The villagers collected some bamboos and they all closed the cave. After that they all went home. On the following morning, they all went to see their offerings. And nothing happened. Their offerings were still nicely arranged. They could hold the ceremony well. Since then, they named the place as Hampang Datu. Hampang means closing with bamboos and Datu means spirit.

Berbagi Keceriaan ‘Tiap malam mengembara di lautan Ombak badai menghadang dan menerjang Pak nelayan tak gentar dalam darmanya Demi kita yang membutuhkan pangan Terima kasih pak nelayan.’

B

EGITULAH petikan lagu nelayan. Tanpa nelayan, tidak ada ikan gurih tersaji di meja makan kita. Ternyata banyak lo temanteman kita yang orangtuanya bekerja sebagai nelayan. Mereka mungkin tidak seberuntung kita yang bisa bersekolah dan bisa langsung bermain setelah pulang sekolah. Sebagian dari mereka bahkan ada yang putus sekolah. Mereka lebih memilih untuk membantu orangtua mencari ikan di laut karena masalah biaya. Kasihan, ya.... Nah, kali ini teman-teman kita mendapatkan kesempatan untuk merasakan permainan yang sama dengan kita. Dalam rangka ulang tahun Perempuan untuk Negeri (PUN) ke-2, sebanyak 1.300 anak yang sebagian besar anak nelayan berkesempatan bermain di Kidzania, Jakarta, Sabtu (22/10). “Kebanyakan dari anak-anak ini berasal dari kalangan bawah, anak-anak nelayan. Mereka berpikir lebih baik membantu orangtua mencari ikan di laut daripada bersekolah. Tapi walaupun mereka anak nelayan, mereka jarang sekali makan ikan karena ikanikan tersebut untuk dijual,” ujar penasihat PUN, Ibu Sylvia Amelia Agung Laksono dalam pembukaan acara yang bertajuk Oktober Ceria Bersama 1.000+ Anak Bangsa. Di pusat perbelanjaan, mereka bisa

belajar dan bermain, lo. Mereka bisa bermain menjadi dokter, pemadam kebakaran, pilot, dan polisi. Mereka pun dibebaskan bermain apa pun. Serunya lagi, selama bermain mereka juga didampingi artis cilik, seperti Chaca Fredrica dan Amel. “Acaranya pas banget sama ulang tahun PUN yang ke-2, soalnya ini perempuan untuk negeri. Jadi membantu anak-anak yang tadi Amel diceritain sama Ibu Agung. Ternyata mereka bukan anak-anak yatim piatu, melainkan dari anak-anak nelayan. Jadi mereka yang benar-benar jarang banget ke Kidzania, dan akhirnya mereka dibantu oleh PUN dan Kidzania. Yang pasti Amel senang banget, acara ini bagus sekali,” ungkap Amel. Kegembiraan bermain diungkapkan M Dzulhusniyah, 10, dari SD Petani, Depok. “Acaranya enak, menyenangkan, banyak mainan. Mainannya semuanya enak-enak, menyenangkan, dan enggak bikin bosan,” ujarnya setelah mencoba permainan puzzle dan membuat kopi. Hal yang sama juga diungkapkan Muhammad Saputra, 12, dari SD Assalam, Jakarta Timur. Ia senang bisa main panjat gedung seperti yang dilakukan para pemadam kebakaran guna memad-

amkan api. Tidak ketinggalan, Saputra juga mencoba memacu mobil balap layaknya seorang pembalap profesional di lintasannya. Wah, seru ya.... Ternyata tempat bermain ini juga menambah semangat M Akmal, 11, dari SD Kartini, Tangerang. Bagaimana tidak, dirinya dapat mencoba permainan yang sesuai dengan cita-citanya kelak. Ya, Akmal ingin menjadi seorang peneliti, lo! Dengan wahana tersebut, dirinya bisa meneliti bakteri. “Tadi saya main dokter-dokteran, menjadi peneliti, jadi polisi. Yang paling seru main jadi peneliti karena bisa melihat banyak sekali bakteri-bakteri. Cita-cita saya ingin menjadi seorang peneliti tentang bakteri,” ujarnya.

Layang-Layang TENTU semua tahu tentang permainan yang satu ini. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa juga gemar memainkannya. Namun, ada yang tahu tidak asal muasal layang-layang? Ternyata layangan sudah ada sejak ribuan tahun lalu, lo. Bahkan sebelum tulisan ditemukan. Wow! Ternyata permainan ini sudah lama sekali ya. Catatan pertama yang menyebutkan permainan layang-layang ialah dokumen dari China sekitar 2500 sebelum Masehi. Penemuan sebuah lukisan gua di Pulau Muna, Sulawesi Tenggara, pada awal abad ke-21 yang memberikan kesan orang bermain layang-layang, menimbulkan spekulasi mengenai tradisi yang berumur ribuan tahun itu di kawasan Indonesia.

Diduga, terjadi perkembangan tradisi yang bebas di China dan di Indonesia. Di Indonesia banyak ditemukan bentuk-bentuk primitif layang-layang yang terbuat dari dedaunan. Di kawasan Indonesia sendiri catatan pertama mengenai layang-layang ialah Sejarah Melayu (Sulalatus Salatin) pada abad ke-17 yang menceritakan suatu festival layang-layang yang diikuti seorang pembesar kerajaan. Layang-layang paling sederhana terbuat dari helai daun yang diberi kerangka dari bambu dan diikat dengan serat rotan. Layang-layang semacam itu masih

dapat dijumpai di Sulawesi. Diduga pula, beberapa bentuk layang-layang tradisional Bali berkembang dari layang-layang daun karena bentuk ovalnya yang menyerupai daun. Selain itu, beberapa daerah di Bali, sama seperti Jepang, j u g a m e ­

SENO

Event Media Anak

Berkreasi dengan Kertas Koranmu

Foto-foto: dok media anak

TERIMA kasih kepada peserta pelatihan Mari Berkreasi dengan Kertas Koranmu yang berlangsung Sabtu, 22 Oktober 2011, di Gedung Media Indonesia. Dengan bimbingan Ketua Komunitas Pecinta Kertas (KPK) Ario Kiswinar Teguh, atau yang biasa dipanggil Kak Kis, para peserta asyik membentuk kertas koran bekas menjadi Kets, kucing. Bentuknya lucu-lucu, lo.... Setelah dibentuk dan dilem dengan lapisan kertas, Kets kemudian dijemur dulu sebelum diwarnai dengan cat. Bila Kets sudah kering, kita siap mengecatnya.

Hasilnya, semua karya bagus-bagus! Untuk dua karya terbaik, jatuh kepada Gabriella Benedicta dan Annisa Firdaus. Mereka mendapat kenang-kenangan dari Media Anak. Sebelum pulang, Kak Kis berpesan, “Kalau kita menemukan sampah yang masih bisa dikaryakan, ya, dikreasikan saja. Kita bisa membuatnya menjadi lampu, kursi, kalung, gelang, atau apa pun.” Wah, senangnya! Buat Sahabat Medi yang ingin merasakan serunya kebersamaan di acara Media Anak, jangan ketinggalan gabung di acara berikutnya, ya. Sampai jumpa! (Rin/M-1)


Minggu, 30 oktoBER 2011

19

SUARA ANAK!!

Kenapa Suka Main PS? Walaupun hanya bisa mencoba permainan ini selama satu hari, bukan berarti mereka pantang menyerah dalam menggapai citacita, lo. Meski pendapatan orangtua mereka tidak besar, dengan terus berupaya dan bekerja keras menggapai mimpi, semua hal bisa terwujud. Bagaim a n a dengan sahabat Medi yang lain? (*/M-6)

Aku suka main PS karena permainanpermainannya seru dan asyik. Bisa mengisi waktu jika aku bosan pada pelajaran. Kalo main PS, aku juga bisa belajar lebih sabar, apalagi kalo aku kalah main PS dengan teman-teman. Kadang, aku juga kerja sama bareng temanteman untuk selesaikan satu misi permainan. Memang aku suka lupa waktu kalau sudah main PS, tapi ibu selalu ingetin aku jangan lupa belajar. Makanya, kalo mau ulangan, PS aku disimpan dulu sama ibu. Muhammad Azis Pasha Kelas 4 SD N Cengkareng Barat 03 Pagi

Aku sudah putus sama PS. Sekarang mainnya DS, tapi enggak boleh lama-lama mainnya sama mama. Sehari hanya boleh 30 menit saja. Setelah itu disuruh belajar. Saya suka gim ini karena sebelumnya belum ada dan ini baru beli beberapa bulan lalu. Gang Su Geun SD Mahanaim

dalam rangka memperingati ulang tahun Perempuan untuk Negeri (PUN) ke-2 di Jakarta, Sabtu (22/10).

nerbangkan layang-layang sebagai kegiatan sosial. Para penduduk desa bersama-sama membangun sebuah layang-layang yang sangat besar dan menerbangkannya beramai-ramai. Di sejumlah daerah di Indonesia, layang-layang memiliki beragam fungsi. Layang-layang laga biasanya dimainkan oleh anak-anak pada masa pancaroba karena biasanya angin berhembus kuat pada masa itu. Di daerah lain, layang-layang dimainkan sebagai bagian dari ritual tertentu, biasanya terkait dengan proses budi daya pertanian. Di Jawa Barat, Lampung, dan beberapa tempat di Indonesia ditemukan layang-layang yang dipakai sebagai alat bantu memancing. Layang-layang

tersebut terbuat dari anyaman daun sejenis anggrek tertentu dan dihubungkan dengan mata kail. Di Pangandaran, Jawa Barat, dan beberapa tempat lain, layang-layang dipasangi jerat untuk menangkap kalong atau kelelawar. Dengan berkembangnya teknologi saat ini, permainan layang-layang menjadi kurang diminati, khususnya oleh anak-anak. Itu disebabkan munculnya berbagai permainan yang lebih modern seperti video game yang memberikan bermacam pilihan permainan yang lebih menarik. Namun, dengan adanya festival layang-layang dan banyaknya peserta, kita dapat melihat bahwa permainan ini ternyata masih digemari banyak kalangan, baik anak-anak maupun dewasa. (*/M-6)

SENO

Piala Pertama Asya

Priscilla Dewi Kirana SDN Pulogebang 12 Petang/ 6 A Krringgg!!! Bel tanda pelajaran dimulai. “Anak-anak hari ini kita akan membagikan nilai ulangan matematika, yang ulangannya telah kita lakukan dua hari yang lalu,” ucap Bu Ira, wali kelas 5 C. “Ana 8, Ani 7, Andi 9, Asya 3,” ujar Bu Ira. “Bodoh... bodoh... bodoh... bodoh...,” ejek teman-teman Asya saat mengetahui ia mendapatkan nilai 3 pada ulangan matematika. Asya adalah siswa yang dianggap bodoh oleh teman-temannya karena ia selalu mendapatkan nilai do re mi, alias 1, 2, dan 3 di setiap pelajaran di sekolahnya. Karena itu, ia pun mendapat julukan dari teman-temannya, yaitu the stupid girl. Setelah membagikan hasil ulangan matematika, Bu Ira mengumumkan jadwal

ujian tengah semester (UTS) 1. “Anak-anak 3 bulan lagi kita akan menghadapi ujian tengah semester 1 atau UTS 1,” ucap Bu Ira. Krringgg!!! Tak terasa, bel tanda pelajaran usai ber­ dering. Para siswa pun berhamburan keluar kelas. Di rumah, Asya merenungkan apa yang diucapkan oleh gurunya. Sejak itu, ia pun bertekad mendapatkan juara umum di sekolahnya. “The stupid girl... the stupid girl...,” ejek teman-temannya. Walaupun setiap hari diejek, ia tidak menghiraukan teman-temannya itu. Ia terus berkonsentrasi tiap kali belajar. Asya selalu yakin ia bisa menjadi yang terbaik di antara teman-temannya. Satu bulan, dua bulan, dan tiga bulan penuh ia telah berkonsentrasi belajar untuk mendapatkan juara umum di sekolahnya. Waktu yang ditunggu-tunggu telah tiba, UTS pun berlangsung. Keesokan harinya, Asya telah bersiap-siap berangkat sekolah. Ia yakin pasti bisa. Sesampainya di sekolah, teman-temannya kembali mengejeknya. Namun, ia tetap tidak menghiraukannya. “Pasti the stupid girl dapat peringkat terakhir lagi deh... pas pembagian rapor nanti,” ejek Shafara, teman kelas Asya. Krringg!!!

Bel tanda ulangan dimulai berdering. Tiba saatnya Asya dan teman-temannya mengerjakan UTS 1. Soal demi soal ia isi dengan cermat dan teliti. Walaupun ada soal yang dianggap susah oleh teman-temannya, Asya dengan mudah mengerjakannya karena telah mempersiapkannya. Tak terasa, waktu ulangan berakhir. Satu minggu lagi pembagian rapor. Hari yang ditunggu-tunggu pun tiba, rapor akan dibagikan. Seperti biasanya,kepala sekolah mengumumkan juara umum untuk kelas 5. “Juara 3 adalah Ayyesha Fitrianingsih, juara 2 adalah Azzahra Fatmaningputri, dan juara umumnya adalah Asya Kirana,” ujar kepala sekolah. Betapa bahagianya Asya mendengar pengumuman itu. Ia pun mendapatkan sebuah piala beserta piagam. Tak hentihentinya ia bersyukur dan berdoa kepada Allah. Teman-teman Asya tidak memanggilnya lagi dengan julukan the stupid girl. Mulai saat itu, mereka mengubah julukan tersebut menjadi the smart girl. Piala itu pun ia letakkan di kotak kaca yang bertuliskan My First Trophy karena piala itu adalah piala yang pertama dan sekaligus sangat spesial untuknya. (M-6)

Sah Asah Peribahasa

Aku suka main Play Stasion (PS) karena bermain PS itu membuatku sedikit tenang dan refresh dari mid semester. Apalagi, jika bermain bersama adik tercinta, pasti seru sekali! Zakia artanti ratnadewi Kelas V A SD Kartika II-3 Palembang.

Aku suka PS karena aku senang sama permainannya yang asyik-asyik dan seru-seru. PS 2 adalah PS favoritku jika dibandingkan dengan PS 1 dan 3, karena permainannya yang asyikasyik dan seru. Selain itu, kasetnya juga banyak dan mudah didapat. Aku senang memainkan PS jika ada waktu luang untuk bermain. Di harihari sekolah, aku tidak bermain PS karena bisa mengganggu belajarku. Hehehe.... Teman-teman, kalau kalian suka PS, jangan sampai kecanduan ya, karena PS bisa membuat kita bodoh, lo.... Zsaffa Aulia Putri Prasetyo Kelas IV C SD Kartika II-3

Tema Suara Anak minggu depan: Idul Adha Minggu depan teman-teman yang muslim merayakan Idul Adha. Aktivitas apa saja sih yang dilakukan di sekolah? Apa pada ikut menyumbang atau ikut membagikan kurban? Kalau di rumah atau di sekitar masjid, kalian ada aktivitas apa? Yuk cerita. Kamu bisa kirimkan pendapat atau pengalamanmu ke e-mail: mediaanak@mediaindonesia.com. Jangan lupa sertakan biodata, foto, dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Tulisan yang terpilih akan dimuat di Media Anak edisi 13 November 2011.

Wah.... Jumat lagi, ya. Pengen jalan-jalan di weekend, nih. Ngebayangin berenang di taman air (water park), seger kali ya, sambil main perosotan air sama teman-teman. Byurrrrrr. Asyik deh... Kalau kalian, yang asyik kalau lagi weekend ngapain sih?

FAn Page Media Anak

Cheryl Kanza

Adeline Mulia

Nindy Adelia

Timotius Hutabarat

Kalau aku, berenang ke Modern Land (di Tangerang). Byur! Asyik!

Ngerayain ultah temanku! Yuhhuuu, pasti ditraktir nih!

Annisa Firdaus Jawaban: 1. Kecil, tetapi cerdik/pemberani/membahayakan. 2. Menyesuaikan diri dengan tempat dan keadaan. 3. Pengetahuan itu harus dipergunakan supaya ada manfaatnya.

TEMAN-TEMAN, Medi lagi bingung dengan arti beberapa peribahasa. Bantu yuk! 1 Kecil-kecil cabai rawit. 2 Masuk kandang kambing mengembik, masuk kandang kerbau menguak. 3 Ilmu yang tidak dengan amal seperti pohon kayu yang tidak berbuah.

Diantara Bintang SDN Pejaten Timur 13

Fo to -fo to: d ok pribadi

mi/ruliani fitri

asyik Main: Sekitar 1.300 anak yang sebagian besar anak nelayan tampak asyik bermain di Kidzania

Saya suka main PS, tapi dilarang main setiap hari sama mama. Boleh mainnya hanya Sabtu dan Minggu, itu juga hanya 2 sampai 3 jam saja. Saya suka dengan permainan bola dan balap motor, soalnya bisa main sama adik saya.

Kalau aku, di rumah aja main komputer, ketemu MA tiap hari! ^_^

Kalau aku sih, jalan-jalan ke Yogyakarta.

Benar Medi. Insya Allah, aku dan sahabat-sahabatku mau berenang hari Minggu. Kalau jadi, kegiatannya pasti seru!


20

M etro tv highlights

minggu, 30 oktober 2011


K lasifa

MINGGU, 30 OKTOBER 2011

21

Potensi Wisata Bukit Senyum, Batam

B

ATAM yang dikenal

baik bangunan maupun kapal-kapal

Senyum juga mempunyai ritual

sebagai kota

yang berlalu-lalang dari Singapura

untuk menyaksikan eksotisme

perdagangan dan

menuju Batam dan sebaliknya. Di

Singapura hanya dengan cara duduk

industri juga memiliki

kawasan Bukit Senyum, Anda juga

di atas rumput atau duduk di bangku

potensi wisata. Tidak mengherankan,

dapat melihat pesawat dari Bandara

kios pedagang setempat.

bila musim liburan tiba, yakni Juli-

Internasional Changi, Singapura

Agustus, pelabuhan feri di Kota

lepaslandas hingga melewati

masih belum menyadari potensi

Batam dipenuhi dengan wisatawan

kawasan Bukit Senyum.

Bukit Senyum untuk dijadikan lokasi

asal Singapura.

Pemandangan di bukit Senyum

Salah satu tempat yang jangan

Sayangnya, pemerintah setempat

wisata. Hal itu karena Bukit Senyum ANTARA/JEFRI ARIES

akan lebih menakjubkan bila malam

belum dilengkapi berbagai fasilitas

Anda lewatkan saat berkunjung ke

tiba. Saat itu, lampu kapal dan

hotel dan tempat yang representatif,

Padahal, Bukit Senyum memiliki

rileks sembari mencicipi makanan

pemandangan lampu malam nan

Kota Batam adalah mengunjungi

bangunan di Singapura tampak

serta tempat makan yang

daya tarik bagi para pengunjung. Di

ringan. Terlebih bila malam minggu

gemerlap yang memacar dari

Bukit Senyum. Di sana Anda melihat

indah dan gemerlap. Masyarakat

menyajikan makanan dan minuman

sana Anda dapat menghilangkan

tiba. Saat itu adalah momen

bangunan-bangunan megah di

pemandangan negeri Singapura

batam, dan juga wisatawan Bukit

ringan, serta lokasi parkir.

kepenatan dengan bersantai dan

yang tepat untuk menikmati

Singapura. . (Sus/S-1)

INDEKOST

MUSIK

Kost 1 kmr bisa 2 org, AC Split, Ex.pan

Dijual*** Piano/Grand Piano***Merk Ya-

,Lemari, S.Bed, Rak TV, 600rb/bl. Je-

maha, Kawai, Petrof & merk2 lain***Hub:

lambar Selatan 6 No.16, Rt.6/4. Telp.

Petrof Piano Cideng,Jl.Cideng Timur No.52,

33377792 - 70009996.

Telp.38900602 / 3860200.

KERJASAMA

PERHIASAN

www.danatunaijaminanbpkb.com, Lngs

STAR ARLOJI ,BELI JAM bks/berlian dgn hrgTgg

cair sd 100 M, bunga 0,3% / 3,9% undur

ROLEX,BULGARI,OMEGA,BREITLING,dll,Hub:Bp.

45 hari, ins awl bng hlng, PLATINUM

TONY 392 9079,0812 9455 198 Apt MentengPrada

Blvd Brt Raya G65, 45851381-3.

Lt. 1 No.2J dpn St.Cikini (Dtg ke tmpt).

KULIT ASLI

RUMAH DIJUAL

Furniture,Car,Fashion,Promotion,Walet,

Re s o r t D a g o p a k a r , s p r i n g h i l l ,

Bag, Shoes,etc. Harco Elektronik Mangga

Daisy Garden No.56,Bandung,

Dua,Ruko Blok B No.2 Jakarta Tlp.612.8888

L t . 2 6 4 / l b 1 8 0 Te l p . 0 8 1 2 9 8 5 0

www.dhenigleather.com

4 2 7 2 , 0 8 1 5 111 0 0 6 7 4 .

LOWONGAN Anda Ingin investasi hny modal 50 jt dpt +500rb/hari dibisnis emas.Garansi Bank,Keamanan trjamin. Hb.Palma One Lt.8. T.95854851/71008009.

Christa Cheerysha Carribu (Christa) HP: 0878 7758 5082 Email : christa@mediaindonesia.com


22

E KSPLORASI

EKSPEDISI

Ipad akan ke Antariksa

K

OMPUTER tablet produksi Apple yang sekarang tengah populer dan ikon gim berupa boneka Angry Birds akan segera meluncur ke antariksa, menuju Stasiun Antariksa Internasional (International Space Station/ISS) yang mengorbit dan mengitari Bumi. Menurut rencana, Angry Birds akan menemani dua kosmonaut Rusia dan seorang astronaut NASA, yang akan terbang ke antariksa dengan pesawat Soyuz TMA-22 dari Baikonur Cosmodrome di Kazakhstan pada 14 November sekitar pukul 11.14 WIB. Selain boneka Angry Birds, dua Ipad Apple telah siap diluncurkan bersama pesawat tanpa awak Progress M-13M untuk menemani kosmonaut di ISS. Bahkan jadwal peluncurannya lebih cepat, yaitu tepat hari ini (30/10) sekitar pukul 17.11 WIB. Ipad akan menjadi komputer tablet pertama yang dikirim ke ISS, menemani laptop, Ipod, dan Iphone yang sudah lebih dulu berada di antariksa. “Kosmonaut Rusia akan membawa dua Ipad seminggu setelah peluncuran Angry Birds. Penggunaan Ipad di angkasa luar ini dibatasi hanya untuk hiburan,” kata juru bicara NASA Kelly Humphries. Sesampainya mereka di ISS sesuai dengan rencana, M-13M akan memberikan bahan bakar

yang diperlukan, yaitu oksigen, air, dan peralatan yang beratnya ribuan pon, termasuk kedua Ipad itu tentunya. Di luar tujuan hiburan, NASA tengah mencari kemungkinan penggunaan komputer tablet di antariksa. Sebetulnya kru di ISS minta mencoba tablet yang berbeda-beda, dan sepertinya mereka akan membandingkannya. “Diharapkan, kami bisa menerbangkan satu atau lebih (tablet) untuk mereka lagi tahun depan,” ucap Humphries. Angry Birds akan menjadi indikator bahwa para kosmonaut telah memasuki zona gravitasi nol. Boneka burung pemarah itu akan ditempatkan di balik pintu antara landing module dan kompartemen tinggal (di dalam pesawat). Jadi, saat keadaan tanpa gravitasi dimulai, boneka tersebut akan melayang. Dengan cara tersebut, para SPACE/TODAY IN TECH kosmonaut tahu bahwa mereka sudah berada di angkasa luar. “Kami biasa menjalankan tradisi membawa semacam ‘jimat’ kecil. Ketika sudah memasuki angkasa, benda kecil yang biasa kami bawa itu akan melayang. Saat itu kami tahu telah berada di angkasa luar,” ucap Shkaplerov, yang dalam misi antariksa ini akan ditemani Anatoli Ivanishin dan Dan Burbank. (space/Today in Tech/ Ghp/M-1)

BIOTEK

Junk DNA Bedakan Manusia

B

ERTAHUN-TAHUN peneliti percaya bahwa perbedaan fenotip manusia dan simpanse mudah untuk dijabarkan. Alasannya kedua spesies itu pasti memiliki perbedaan susunan genetik yang signifikan. Akan tetapi, kemudian saat gen keduanya diteliti lebih lanjut, peneliti menemukan gen DNA manusia dan simpanse hampir identik. Lalu faktor apa yang bertanggung jawab atas perbedaan morfologi dan perilaku antarkedua spesies itu? Peneliti dari Georgia Ins titute of Technology menemukan bahwa penyisipan dan penghapusan potongan besar DNA dekat gen sangat bervariasi antara manusia dan simpanse. Maka mungkin itulah yang akan menjelaskan perbedaan utama antara kedua spesies itu. Tim peneliti yang dipimpin profesor biologi dari Georgia Tech John McDonald berusaha memverifikasi. Menurutnya, meskipun gen DNA manusia dan simpanse sangat identik, ada terdapat ‘jurang’ genomik besar di area yang berdekatan dengan gen yang dapat memengaruhi

sejauh mana gen ini dapat ‘diaktifkan’ dan ‘dinonaktifkan’. Hasil penelitian menunjukkan ‘jurang genomik’ antara kedua spesies itu sebagian besar adalah karena penyisipan atau penghapusan dari sekuens seperti virus yang disebut retrotransposon. “Jurang genetik ini utamanya disebabkan aktivitas sekuens pengubah urutan elemen yang mirip retrovirus,” kata McDonald. Elemen pengubah urutan pernah dianggap sebagai ‘junk DNA’ yang sedikit atau tidak ada fungsinya. “Sepertinya mungkin ini adalah alasan utama mengapa kita begitu berbeda dari simpanse.” SCIENCE DAILY Tim peneliti yang dipimpin McDonald, yang terdiri dari mahasiswa pascasarjana Nalini Polavarapu, Gaurava Arora, dan Vinay Mittal, mempelajari jurang genomik pada kedua spesies dan menentukan bahwa mereka secara signifikan berkorelasi dengan perbedaan dalam pengeks presian gen yang sebelumnya dilaporkan peneliti dari Max Plank Institute for Evolutionary Anthropology di Jerman. (Science Daily/Ghp/M-1)

DO YOU KNOW

Cara Rusa Kutub Dinginkan Otak DENGAN rambut tebal, rusa kutub tetap merasa hangat ketika suhu udara turun mencapai -50°C. Para peneliti kemudian mempelajari bagaimana rusa kutub mencegah kepanasan? Mereka mengumpulSCIENCEMAG kan sembilan rusa kutub dan memasukkan sensor ke pembuluh darah utama di kepala hewan tersebut. Sensor itu dapat mengukur aliran darah dan temperatur otak. Lalu mereka membiarkan rusa kutub itu berlari pada alat treadmill yang didesain khusus. Pada awalnya rusa kutub bernapas melalui hidung. Akan tetapi, saat mereka mulai bernapas cepat, mencapai 260 napas per menit, mereka membuka mulut dan terengah-engah seperti anjing untuk mendinginkan darah. Saat temperatur otak mereka mencapai batas kritis, yaitu 39 derajat celsius, rusa kutub mengganti pola aliran darah dalam hidung mereka sehingga darah yang dingin akan menuju ke kepala dan mendinginkan otak.

Spa ala Paus Pembunuh SEPERTI halnya manusia pergi ke spa di musim dingin, paus pembunuh melakukan hal yang sama dengan berenang dari Antartika ke perairan hangat. Hal itu dibuktikan dari satelit yang SCIENCEMAG mengamati enam paus pembunuh. Dari enam paus, lima paus terlihat tidak kembali ke habitat perairan mereka yang bersuhu 2 derajat celcius selama lebih dari tiga minggu. Selama waktu tersebut, mereka teramati berada di perairan Kepulauan Falkland, dekat Uruguay dan Brasil dengan suhu sekitar 20 derajat celsius. Salah satunya berenang sepanjang 9,4 km selama 42 hari. Selama perjalanan, paus berenang dengan kecepatan semakin lambat. Seperti dilaporkan para peneliti dalam Biology Letters, para paus pembunuh menuju ke perairan lebih hangat untuk meremajakan kulit. Konsep yang sama dilakukan anjing laut ketika naik ke darat, tapi paus pembunuh melakukannya di perairan hangat. (sciencemag/Ghp/M-1)

MINGGU, 30 OKTOBER 2011


I NTERMEZO

MINGGU, 30 OKTOBER 2011

23

TAROT Virgo – Traveling 8 wands 24 Agustus 23 September

Icon: Osho Zen Tarot Berlaku dari 30 Oktober - 5 November 2011

Libra – Letting go 24 September 23 Oktober

Sagitarius – Mind 23 November 21 Desember

Capricorn – VIII Courage 22 Desember 20 Januari

Ani Sekarningsih

Pekerjaan: Dalam keadaan negatif, adakalanya menjadi tidak sabar, impulsif, dan ceroboh. Anda bisa menjadi sangat egois, mementingkan diri sendiri dalam menghadapi perdebatan dengan lawan. Waspada selalu untuk tidak berlebihan. Anda akan sangat sibuk dalam menghadapi target yang menjadi cita-cita yang beragam. Hal utama yang harus diingat, tekunilah sasaran yang dituntut kebijaksanaan pimpinan perusahaan, mengingat banyaknya persaingan. Anda seyogianya mengevaluasi dan menyempurnakan pelaksanaan proyek sesuai dengan sasaran. Jangan dianggap enteng, perhatikan keuangan, terutama utang yang perlu dilunasi pada saatnya. Cinta: Rupanya Anda beriktikad untuk mengakhiri atau memadamkan persaingan dua orang yang ingin menyunting. Namun, secara bijaksana Anda malah memilih untuk meninggalkan mereka berdua dengan perasaan pedih. Strategi: Ajukanlah proposal, usulanusulan, pemikiran-pemikiran yang terbaik agar dapat dilaksanakan dengan keberhasilan di lapangan.

Aquarius – 0 The Fool 21 Januari - 19 Februari

Pekerjaan: Aquarius sedang diuji orang dalam proses memasuki profesi baru. Inilah kesempatan, saatnya Anda berubah. Beranilah bertindak dengan mengabaikan risikonya. Perubahanperubahan besar di posisi baru perlu digalang demi perbaikan tata kerja yang efisien dan efektif. Anda perlu bersiaga, akan ada banyak kegiatan yang pekerjaan menuntut dilakukan di luar kantor. Akan banyak kesempatan melakukan perjalanan jauh. Mungkin ada tugas-tugas yang tidak terlalu tepat sebagaimana yang Anda pikirkan. Hindari pikiran untuk minggat dari pekerjaan yang sekarang. Sebaliknya, pertajam ide-ide baru untuk mengembangkan perusahaan. Cinta: Hubungan Anda dalam keadaan tak tetap dan sulit diramalkan karena ada indikasi tak mau terikat dalam jangka panjang. Anda berdua bertindak nekat dalam kemitraan. Strategi: Seyogianya Anda belajar membuka diri untuk berkonsultasi dengan orang lain dan tidak berkeras dengan pikiran sendiri.

MEDIA UTAK ATIK

Pekerjaan: Kelesuan itu tak terhindarkan. Berakhirnya suatu peristiwa dan segala sesuatunya harus tamat di sini. Sadarlah, keuntungan secara bendawi tak selalu memenuhi kebahagiaan, kecuali menukik ke dalam kebijaksanaan spiritual. Tak perlu Anda melarikan diri dari kenyataan. Sebaliknya, hadapi dengan senyum. Sebaiknya Anda mencairkan uang deposito dan pergilah berlibur serta mengganti suasana. Nikmati sebagian tabungan demi bersenang-senang. Perubahan tersebut menjadi lebih bervariasi disebabkan pengaruh sang pacar, teman, atau rekan yang memasuki kehidupan pribadi Anda atau lingkungan dunia bisnis. Cinta: Seyogianya tinggalkan dulu pasangan Anda untuk sejenak agar dapat berpikir jernih. Strategi: Berlangsungnya suatu perubahan yang terjadi tiba-tiba dalam kurun waktu minggu ini merupakan titik balik. Belajarlah tertawa saat Anda tersandung kesulitan demi menjaga keseimbangan kehidupan yang serbamaterialistis.

Pisces – Clinging to the past 20 Februari – 20 Maret

Pekerjaan: Ada pertentangan batin antara emosi dan perasaan umum yang biasa Anda geluti. Namun, itu merupakan jalan setapak, Anda perlu melatih untuk mengendalikan energi yang ada. Pusatkan pula pikiran Anda pada pengalaman terbaik yang dapat membangkitkan kembali semangat. Yang perlu dicermati, keuangan mendadak menguap. Modal yang ditanamkan pada suatu usaha salah perhitungan. Jangan biarkan diri Anda terjebak pada kebimbangan. Cinta: Hubungan ini perlu perbaikan. Namun, itu tidak cukup hanya dengan ucapan permintaan maaf, harus diiringi niat dan pembuktian tindakan nyata. Strategi: Coba yang satu ini. Tak ada salahnya Anda melakukan terapi lilin guna menyembuhkan kemurungan yang sangat berpengaruh pada fisik. Kemudian, bukalah mata selebar-lebarnya. Tataplah dunia sekeliling Anda, dan hentikan mengendalikan orang lain.

Pekerjaan: Yang kita pahami bahwa perjalanan itu menuju ke pencerahan. Tanggalkan semua beban, lepaskan semua kepemilikan, dan bebaskan diri dari kepalsuan serta keterkucilan. Rela tak rela, akan terjadi keputusan penting melalui orang-orang yang memiliki kekuasaan. Perlu diarifi bahwa kesuksesan hanya diperoleh dengan emosi yang terjaga. Inilah kesempatan untuk menunjukkan kepiawaian Anda dalam mengerjakan hal-hal yang besar atau yang kritis. Bagaimanapun, jalan karier senantiasa terbuka asal Anda memanfaatkannya dengan baik. Keadaan keuangan sewaktu-waktu berubah tanpa peringatan. Cinta: Anda selalu memimpikan untuk segera menjalin hubungan, tetapi itu selalu saja gagal. Cobalah lebih berseni dalam menjalin hubungan itu. Strategi: Perkembangan berubah dengan cepat. Begitu pula lingkungan dan situasi darurat bisa sewaktu-waktu muncul menjadi sandungan serius. Ada dua pilihan bagi Anda, menjauh dari kesulitan atau terjun membenahi masalah.

Grand Master Tarot

Scorpio – The misser 24 Oktober - 22 November Pekerjaan: Dalam keadaan negatif, Scorpio menjadi sangat mementingkan diri sendiri. Emosi Anda selalu dalam kekhawatiran yang berlebihan. Anda selalu berusaha keras untuk mempertahankan kenyamanan yang ada. Saatnya berpikir analitis dan tahu keputusan yang tepat guna untuk mengambil kesempatan yang ada. Dalam sesuatu usaha, Anda perlu memperhatikan setiap rencana kerja dengan ketelitian yang tinggi. Berhati-hatilah menjaga kepercayaan orang apabila saat ini Anda ditugaskan mengelola sejumlah modal. Rencanakan asuransi dengan serius, atau menyisihkan sebagian modal guna menjaga keadaan darurat. Cinta: Anda belum mampu mengikatkan diri pada seseorang karena pikiran dan perasaan Anda masih tertumpah sepenuhnya pada seseorang yang benar-benar Anda impikan. Strategi: Sudah saatnya Anda mengendurkan ketegangan dengan mengunjungi keluarga atau teman-teman dekat dan bersikap santai. Ini pula saatnya untuk mengelola keuangan dengan keseimbangan sempurna.

Aries – Schizophrenia 21 Maret - 20 April

Pekerjaan: Tampaknya telah terjadi stagnasi kegiatan. Namun, tak ada alasan untuk menjadi mudah panik. Orangorang berseragam militer dan pejabat sipil akan berunding dengan Anda dalam suatu pertemuan tidak formal. Keseimbangan diri patut dikendalikan secara cermat tatkala menghadapi suatu pertarungan argumentasi. Anda seyogianya lebih memperhatikan kepentingan orang lain. Perlu diingat, Anda juga sangat berperan sebagai juru damai untuk menyelesaikan ketidaksepakatan dalam kerja. Yakinlah, karena selalu mementingkan pengertian yang mendalam, Anda dapat menciptakan keharmonisan dan menggelar perasaan tenteram serta kedamaian. Suasana perusahaan akan lebih tumbuh dan lebih kreatif. Cinta: Sudah saatnya Anda segera memutuskan di antara dua pilihan dan menetapkan sebuah keputusan besar. Strategi: Jalan yang terbaik ialah negosiasi dengan hasil saling menguntungkan. Persaingan sangat ketat, tetapi sangatlah bijaksana bila Anda berjabat tangan demi menghargai perbedaan itu.

Taurus – Sharing 21 April - 20 Mei

Pekerjaan: Taurus cenderung memiliki kekuatan spiritual dan ketangguhan sehingga menciptakan kemerdekaan berpikir, kebaikan, dan kedermawanan. itu menjanjikan kesuksesan perusahaan yang digeluti. Anda juga dikenal mudah menyingsingkan lengan baju untuk bekerja lebih keras. Saatnya pula Anda menyusun rencana dan menggabungkan karier serta kebahagiaan rumah tangga. Berilah kehangatan dan kekuatan serta optimisme agar mereka yang berada di sekeliling Anda termotivasi untuk berani menantang hidup dengan gembira dan tegar. Keuangan tumbuh dengan pesan: tergantung bibit yang ditanamkan sebelumnya. Cinta: Terdapat peningkatan keuangan dari sumber tak terduga berkat bantuan teman-teman lawan jenis yang mempunyai kekuasaan. Waspadalah karena Anda akan sulit menghindari godaan tumbuhnya cinta segitiga. Strategi: Sebentar lagi Anda dituntut membentuk tim kerja dalam menyelesaikan tugas-tugas proyek yang perlu dibarengi wawasan akal budi.

Gemini – Going with flow 21 Mei - 21 Juni

Cancer – XIII Transformation 22 Juni – 22 Juli

Pekerjaan: Perasaan Gemini tersentuh, penuh dengan air mata kebahagiaan. Seseorang yang berhati mulia sedang memperhatikan. Anda ditawari berbagai kenikmatan dan kelimpahan karena tenaga Ilahi sedang turun memberikan bantuan dan perlindungan. Dalam lingkungan perusahaan terjadi peningkatan saling menghargai di antara rekan sekerja. Belajarlah memercayai orang dan mendelegasikan tugas di awal November ini. Kesempatan baru akan membawa kebiasaan lain, dan yang bertindak tergesa-gesa akan mengubah tujuan baik menjadi kegagalan. Gunakanlah potensi dan kreativitas sehingga Anda dapat mewujudkan impian selama ini. Cinta: Seseorang yang istimewa mendadak menghangatkan suasana rutin yang jenuh. Bagi yang telah berkeluarga akan terlibat cinta segitiga. Strategi: Hindari banyak begadang. Belajarlah menikmati saat ini, tanpa harus menolak suatu keadaan atau melarikan diri dari ketidakmapanan. Seyogianya gunakan waktu untuk istirahat dan membaca hal-hal yang positif.

Pekerjaan: Pengalaman adalah guru terbesar dan jangan gamang mengalami hal-hal baru. Tampaknya Anda menghadapi perubahan penting dalam kehidupan, terutama yang berhubungan dengan penalaran dan penghayatan tentang makna hidup. Hadapilah masa depan dengan percaya diri dan kemauan untuk menerima perubahan itu. Mungkin terjadi pergantian posisi, meninggalkan profesi lama atau bergantinya pimpinan. Ada kemungkinan bisnis menurun sehingga terjadi kebangkrutan perusahaan. Waspada untuk tidak kehilangan kontrol diri hingga melukai perasaan kawan sejawat. Cinta: Tak perlu menyesali diri dengan apa yang menjadi sandungan masa lalu. Terimalah segala kesulitan dengan kepasrahan yang mutlak. Semua-nya akan kembali pada siklus yang sama. Strategi: Bergembiralah bahwa situasi negatif itu ternyata berakhir juga. Kesuksesan terbesar akan terwujud melalui tambahan peningkatan kemampuan dalam bentuk lain atau dengan kebijaksanaan yang sama sekali baru.

Pekerjaan: Bertindaklah dengan penuh semangat yang diiringi kekuatan keinginan. Sewaktu-waktu Anda memerlukan intuisi dan naluri untuk bertindak lebih luwes. Sekalipun tekanan di sekitar terasa meningkat, Anda harus yakin dapat melewatinya. Anda akan dipromosikan untuk menerima posisi yang lebih meningkat. Bagaimanapun Anda dipercaya untuk memimpin sebuah proyek penting karena memiliki kecakapan seorang eksekutif yang mampu mengelola organisasi dengan sangat efisien. Tampaknya uang akan mengalir dengan deras ke pangkuan. Saatnya sudah tiba, Anda mengawali usaha yang mempunyai fondasi kuat untuk dapat maju ke depan. Cinta: Pernikahan Anda tampaknya lebih berdasar pada rasa aman daripada kebutuhan cinta. Mungkin Anda akan melihat tunas-tunas cinta yang membawa pada kesuksesan kebendaan. Strategi: Semangat kerja sama perlu ditanamkan demi kesuksesan di masa depan. Perlu kerja keras dan keberanian untuk menghadapi beribu masalah dan kendala kehidupan.

L e o – Maturity 23 Juli - 23 Agustus

Pekerjaan: Bila pada masa lalu semua kegiatan berjalan lamban, kali ini minat pada dunia bisnis segera tumbuh dan berkembang dengan cepat. Roda kesuksesan berada dalam kendali. Anda merupakan aset atau bibit unggul yang tepercaya. Kepercayaan diri itu membuat Anda mampu menjanjikan perubahan yang positif dan produktif. Saatnya memulai bisnis yang menjanjikan peningkatan modal. Adakalanya kartu ini bermakna suatu permulaan hubungan kemitraan yang membuka jalan mengalirnya keuangan yang luar biasa. Demikian juga akan terjadi meningkatnya popularitas dan kemapanan. Anda akan memperoleh penghargaan karena kerja keras. Cinta: Anda memikirkan kehidupan yang penuh romantika sehingga sangat berharap akan ada yang mengulurkan cinta secara berlimpah dan mengimbangi angan-angan Anda. Strategi: Saatnya untuk membuat halhal besar, memulai hal-hal baru dan kesiapan untuk menerima segala bentuk risiko. Waspadalah pada setiap langkah keberhasilan itu.

SUDOKU SUDOKU atau dikenal juga dengan tebak angka (number place) merupakan teka-teki logika. Aturan mainnya sangat sederhana. Isilah kotak kosong hingga setiap kolom, baris, serta area kotak 3 x 3, terisi angka 1-9 tanpa ada pengulangan. Untuk pemainkan Sudoku, Anda tidak harus pintar matematika. Anda hanya memerlukan logika dan penalaran. Selamat menghadapi tantangan!

Jawaban Edisi Minggu, 23 Oktober 2011

Tanggapan dan komentar: miweekend@mediaindonesia.com


F OTO

MEDIA INDONESIA | MINGGU, 30 OKTOBER 2011 | HALAMAN 24

Ziona berpose bersama dengan para istri, anak, dan cucu.

Ziona Chana Penyokong Populasi Dunia TEKS : MI/USMAN ISKANDAR FOTO : REUTERS/ADNAN ABIDI

S

ANTERNYA kampanye antipoligami yang mengatasnamakan kesetaraan gender, ditambah kekhawatiran melubernya populasi dunia yang ditaksir mencapai 7 miliar pada 31 Oktober tahun ini, ternyata tak berpengaruh bagi pria India, Ziona Chana, 67. Dengan menikahi 39 perempuan pilihannya yang mampu melahirkan 94 anak serta menurunkan 33 cucu, Ziona bak malaikat bagi 181 anggota keluarganya. Bukan dorongan syahwat atau gengsi pribadi yang mendorong Ziona untuk menikahi

begitu banyak perempuan. Gelar dirinya sebagai pemimpin sekte Chana-lah yang mendorong Ziona melakukan tindakan yang tak lazim itu. Ziona mewarisi ajaran kakeknya, Challian Chana, yang meyakini bahwa suatu hari mereka akan memimpin dunia dengan menganut azas poligami sebanyak mungkin. Di bangunan megah warna ungu muda berlantai empat dengan 100 kamar, keluarga besar Ziona Chana hidup bersama dalam kerukunan serta membaur dengan penduduk di kawasan miskin Desa Baktwang, Mizoram, India. Ziona mengawali pernikahannya pada umur 17 tahun dengan perempuan bernama Zathiangi, yang saat ini berumur 69 tahun. Zathiangi otomatis dinobatkan sebagai istri tertua sekaligus pemegang komando manajemen rumah tang-

Bangunan tempat tinggal keluarga besar Ziona.

Saat makan bersama keluarga.

ganya. Menurut Zathiangi dan para istri lainnya, Ziona merupakan sosok suami, bapak, sekaligus pelindung yang sangat mereka cintai. Bahkan mereka mengaku siap melayani Ziona seperti melayani Tuhan. Untuk urusan kesejahteraan keluarganya, Ziona membangun sekolah sendiri bagi anak dan cucu-cucunya, berikut taman bermain serta tempat pelatihan pertukangan. Adapun untuk mencukupi kebutuhan ekonomi sehari-hari, disediakanlah peternakan babi, unggas, lahan sawah pertanian, serta kebun sayur yang menghasilkan makanan yang cukup bagi seluruh anggotanya. Selain itu, usaha tersebut mampu menghasilkan uang bagi keluarga. Dengan kegiatan itu, tidak terlalu sulit bagi

Ziona menyokong kebutuhan harian seperti menanak 99 kg beras, merebus 59 kg kentang, serta memotong sedikitnya 30 ayam untuk urusan makan keluarganya. Tidak mengherankan jika ‘keperkasaan’ seorang Ziona dikagumi dan mengilhami sekitar 4.000 pengikutnya yang bergabung di sekte Chana. Boleh saja aktivis perempuan mengharamkan sekte Chana, pun sah-sah saja jika lembaga HAM dunia memakruhkan jejak Ziona. Namun, memang tak terbantahkan bahwa seorang Ziona merupakan ‘imam’ besar bagi keluarga dan pengikutnya yang secara alamiah membantah teori peradaban populasi dunia, dan justru mengamini falsafah Jawa, ‘banyak anak, banyak rezeki’.(M-1)

Cucu-cucu bermain di balik jendela.

Mempersiapkan makan untuk keluarga.

Merenung di sela-sela bekerja.


Media Indonesia