Issuu on Google+

PARA JAWARA SIAP BERLAGA

Pemasangan Iklan & Customer Service: 021 5821303 No Bebas Pulsa: 08001990990 e-mail: cs@mediaindonesia.com

Jalan panjang menuju perebutan takhta Eropa itu dimulai 13 September.

Rp2.900/eks (di luar P. Jawa Rp3.100/eks)

Fokus Olahraga, Hlm 16-17

Rp67.000/bulan (di luar P.Jawa + ongkos kirim)

REUTERS

S A B T U , 2 7 AG U S T U S 2 011 | N O .1112 7 | TA H U N X L I I | 2 2 H A L A M A N

EDITORIAL

Angkutan Publik saat Mudik MUDIK merupakan fenomena permanen setiap menjelang Idul Fitri. Karena ia merupakan prosesi rutin, manajemen mudik semestinya sudah beres sejak lama. Akan tetapi, pemerintah yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan transportasi publik senantiasa mengulangi kesalahan yang sama setiap tahun. Walhasil, dalam prosesi mudik yang bersifat permanen itu, negara ini melakukan kesalahan permanen pula. Kesalahan permanen itu ialah tidak berpihaknya kebijakan dan manajemen mudik untuk kepentingan umum. Pemerintah sepertinya menganakemaskan transportasi pribadi. Padahal, jumlah pengguna transportasi publik untuk mudik jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan pengguna kendaraan pribadi. Berdasarkan data Kementerian Perhubungan pada Lebaran tahun ini, pengguna bus umum mencapai 9 juta orang, kereta api 2,91 juta orang, pesawat 2,48 juta orang, dan kapal laut 1,04 juta orang. Total pengguna angkutan umum untuk mudik mencapai hampir 15,5 juta orang. Adapun pengguna transportasi pribadi hanya 4 juta orang lebih, terdiri dari pengguna sepeda motor 2,47 juta orang dan mobil pribadi 1,73 juta orang. Abainya kebijakan pemerintah pada kenyaSilakan tanggapi manan transportasi pubEditorial ini melalui: lik saat mudik terlihat mediaindonesia.com dari bergentayangannya calo, melonjaknya harga tiket, kelebihan penumpang, serta jadwal yang tak tepat waktu. Transportasi publik yang paling dianaktirikan ialah kereta api. Padahal, kereta api merupakan sarana angkutan rakyat yang murah meriah. Namun, ketersediaan infrastruktur kereta api, seperti rel ganda, belum terpenuhi. Akibatnya, nyaris setiap Lebaran terjadi kecelakaan kereta api yang merenggut banyak nyawa. Tak mengherankan jika peminat kereta api untuk mudik menyusut 5,32% dari 3.081.532 orang tahun lalu menjadi 2.917.598 orang tahun ini. Hal itu mengakibatkan berkurangnya rangkaian kereta mudik dari 226 rangkaian tahun lalu menjadi 215 rangkaian tahun ini. Sebaliknya, pemerintah mengutamakan pengguna kendaraan pribadi dengan menambah lajur di jalan tol dan memperbaiki infrastruktur jalan lainnya. Manajemen mudik sesungguhnya merupakan cermin kebijakan transportasi negara ini. Jika kebijakan dan manajemen transportasi terus berpihak pada transportasi pribadi, jangan salahkan bila masyarakat malas menggunakan transportasi publik untuk mudik. Jangan salahkan pula jika masyarakat berlomba-lomba membeli kendaraan pribadi untuk mudik. Ketika para pemudik kembali ke Jakarta seusai Lebaran, kemacetan di Jakarta dan kota-kota besar di Indonesia bakal semakin parah. Konsumsi bahan bakar minyak pun melonjak tak terkontrol.

MI/USMAN ISKANDAR

Andi Nurpati Ternyata sudah Jadi Tersangka

Jangan salahkan bila masyarakat malas menggunakan transportasi publik untuk mudik.”

JADWAL IMSAKIYAH Sabtu ___________

Minggu ___________

27 Agustus 2011

28 Agustus 2011

Magrib 17.56

Imsak 04.29

bsm e-banking selalu ada, untuk anda

untuk daerah DKI Jakarta dan sekitarnya

mandiri syariah call (021) 5299 7755

PAUSE

Video Games dan Keluarga SEBUAH studi menunjukkan orangtua yang menyempatkan bermain video games di telepon pintar (smartphones) bersama anak-anak mereka akan menguatkan tali kekeluargaan. Studi itu dilakukan perusahaan pembuat video games beserta University of London di Inggris. Penelitian dilakukan lewat survei online yang diikuti 3.250 orangtua dengan anak-anak dan cucu mereka di bawah usia 16 tahun. Satu pertiga orangtua mengatakan hampir setiap hari mereka SENO menghabiskan waktu bermain video games dengan anak-anak, dan 80% dari mereka mengaku aktivitas tersebut sebagai waktu yang berkualitas bagi keluarga. (Livescience/*/X-5)

MI/RAMDANI

MENUJU KAMPUNG HALAMAN: Para pemudik berdesakan saat memasuki pintu peron di Stasiun Senen, Jakarta, kemarin. Di Indramayu, Jawa Barat, pemudik menggunakan Vespa yang dimodifikasi melintasi jalur pantura tersebut.

Penetapan status tersangka surat palsu MK terkendala tekanan politis.

Pemudik Menyemut di Pantura KENDARAAN pemudik baik mobil pribadi maupun sepeda motor dari arah Jakarta menuju timur menyemut di jalur pantura wilayah Karawang-Subang, Jawa Barat, kemarin petang. Kepadatan di jalur tersebut terus meningkat hingga menjelang malam. Untuk memperlancar jalur tersebut, polisi mengalihkan sebagian bus dari timur tujuan Jakarta melalui jalur Subang-Purwakarta. “Kami ancang-ancang atas kemungkinan lonjakan kendaraan yang berdampak kemacetan di pantura,” kata Kasat Lantas Polres Subang Ajun Komisaris Agun Guntara, kemarin. Kepadatan juga terjadi di jalur dari Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, hingga Semarang, Jawa Tengah. Ribuan kendaraan mengular di jalur itu, tetapi belum menimbulkan kemacetan. “Tetapi diperkirakan kondisi bisa berubah mulai malam ini (tadi malam),” ujar Kepala Humas Polda Jawa Tengah Komisaris Besar Djihartono. PT Jasa Marga mencatat jumlah kendaraan yang melintas di jalur mudik Tol Jakarta-Cikampek pada H-5 Lebaran kemarin siang sekitar 72 ribu kendaraan. Kemudian untuk memperlancar arus mudik jalur selatan, PT Jasa Marga membuka sembilan gardu keluar di pintu Tol Cileunyi. Selain itu, disiagakan kendaraan derek di beberapa titik di jalur Tol Purbaleunyi. Di Tol Cipularang, kemarin, terjadi kecelakaan. Sebuah mobil pikap B 9311 TO berisi sembilan orang terbalik di kilometer 109. Semua penumpang selamat. Tetapi di jalur Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah, satu orang pengendara motor B 6260 BRW tewas setelah bertabrakan dengan bus Indah Putri No G 1431 CG di Ajibarang. Kecelakaan itu mengakibatkan kemacetan hingga 1 km dari dua arah. Pada bagian lain, peningkatan arus mudik juga terlihat di penyeberangan di Pelabuhan Merak, Banten, Jawa Barat, tadi malam. Para pemudik memilih perjalanan malam hari dengan harapan tiba di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, pada pagi harinya.(LD/ WB/AS/Ant/X-5) Berita terkait hlm 4 dan 6

SANTHY SIBARANI

M

ANTAN anggota Komisi Pemilihan Umum Andi Nurpa ti diam-diam sudah menjadi tersangka kasus dugaan surat palsu Mahkamah Konstitusi. Penetapan An di Nurpati berdasarkan memo internal pada 3 Agustus 2011 yang dikeluarkan Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri Komjen Sutarman kepada penyidik agar menetapkan Ketua Divisi Komunikasi Publik Partai Demokrat itu sebagai tersangka. Namun, penetapan status Andi sebagai tersangka terkendala tekanan politis sehingga sampai sekarang masih berstatus saksi. “Benar ada surat perintah tertanggal 3 Agustus 2011. Entah bagaimana, status Andi tetap saksi,” ujar seorang penyidik Bareskrim kepada Media Indonesia di Jakarta, kemarin. Pada bagian lain, penyidik itu juga mengemukakan bahwa Dewie Yasin Limpo bakal ditetapkan sebagai tersangka. Alasannya, surat palsu MK meng-

untungkan politikus Partai Hanura itu. “Bukti sudah kuat, tinggal tunggu waktu saja (penetapan tersangka),” ungkapnya. Kabareskrim Komjen Sutarman yang dihubungi membantah mengeluarkan memo internal untuk menaikkan status Andi Nurpati sebagai tersangka. “Sebuah kasus itu tergantung penyidiknya karena dia yang tahu kasusnya dan kapan menetapkan seseorang menjadi tersangka,” katanya. Kalaupun membuat memo, katanya, hanya berisi arahan agar penyidik melengkapi keterangan saksi dan barang bukti. “Biasanya kita perintah agar sidik dengan proporsional dan profesional,” ungkapnya.

berkonsultasi dengan Kapolri.” Terkait status baru kliennya, kuasa hukum Andi Nurpati, Denny Kailimang, emoh buka mulut. “Siapa yang mengatakan itu? Saya tidak mau menanggapi kalau orang yang mengatakan informasi tersebut tidak jelas,” tegasnya. Sejauh ini, kepolisian baru menetapkan dua tersangka, yakni mantan juru panggil MK Masyhuri Hasan dan mantan Ketua Panitera MK Zainal Arifin Hoesein. Kemarin, penyidik Polri melimpahkan berkas Masyhuri Hasan ke Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat. Masyhuri resmi menjadi tahanan Kejaksaan. Ia ditahan di Rutan Salemba, Jakpus. (*/X-6)

Konsultasi ke Kapolri Secara terpisah, anggota Panitia Kerja Mafia Pemilu dari PKB Abdul Malik Haramain mengatakan, berdasarkan informasi yang diperolehnya, semestinya pada minggu pertama Ramadan, tersangka utama sudah ditetapkan penyidik. “Penetapan tersebut urung karena harus

sansibar@mediaindonesia.com Kirimkan tanggapan Anda atas berita ini melalui e-mail: interupsi@mediaindonesia.com atau mediaindonesia.com Facebook: Harian Umum Media Indonesia Twitter: @MIdotcom

Muhaimin Iskandar Siap Dipanggil KPK KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan dua pejabat Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan seorang pengusaha sebagai tersangka. Mereka diduga terlibat suap dalam pencairan dana percepatan pembangunan infrastruktur daerah (PPID) bidang transmigrasi di 19 kabupaten di Kemenakertrans tahun 2011.

“Sekarang sudah jadi tersangka,” kata Wakil Ketua KPK M Jasin dalam pesan singkat yang diterima wartawan, kemarin. Mereka ialah Sekretaris Ditjen Pembinaan Pembangunan Kawa san Transmigrasi (P2KT) I Nyoman Suisanaya, Kabag Program Evaluasi Ditjen P2KT Dadong Irbarelawan, dan pengus aha bernama Dharnawati.

Pada Kamis (25/8), penyidik KPK menangkap ketiganya dan menyita uang Rp1,5 miliar. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengaku kecewa terhadap dua pejabatnya itu dan siap memberi keterangan kepada KPK. “Saya terpukul dan kecewa. Saya berikan keleluasaan kepada KPK untuk tuntaskan masalah ini.”

Dia juga menolak dikatakan kecolongan. “Mereka itu staf bawahan inspektorat sehingga secara struktural kepemimpinan jauh dari saya.” Wakil Ketua DPR RI Pramono Anung meminta KPK mengusut tuntas kasus dugaan suap di Ke me na kertrans. “Saya lihat ini akan berhenti pada pemainpemain kecil. Padahal angkanya

cukup besar. Proyeknya Rp500 miliar kemudian yang tertangkap tangan Rp1,5 miliar.” Uang yang disita diduga antara lain imbalan pencairan anggaran PPID di Manokwari, Papua Barat. Sejumlah pejabat Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Manokwari membenarkan akan turunnya dari Kemenakertrans. (*/SD/I-1)


2

P OLKAM

Interupsi

SABTU, 27 AGUSTUS 2011

Selengkapnya di mediaindonesia.com

Enggak KapokKapok

Proaktif Mencegah

KPK adalah lembaga luar biasa untuk menangani kasus yang luar biasa juga. Hukuman yang dijatuhkan pun seharusnya luar biasa juga yaitu hukuman mati. Saya sangat yakin kalau ini diberlakukan, akan sangat signifikan pengaruhnya. Masrokan

NEGARA ini memerlukan orang-orang yang mau dan mampu menganalisis dan mengambil tindakan pencegahan kecurangan dan pelanggaran pada setiap instansi. Tidak hanya bergerak kalau telah terjadi sesuatu, dan kemudian berlagak seolah-olah telah menjalani tugas, kewajiban, dan tanggung jawab yang dipercayakan kepada mereka. Pertanyaan yang memerlukan jawaban adalah bagaimana mungkin tertangkap tangan, kalau tidak ada indikasi sebelumnya? Kahar Zakir

Sanksi Pegawai Doang ENGGAK bakalan dipecat, paling penundaan kenaikan pangkat selama satu tahun saja. Hukuman pidana paling juga satu tahun potong masa tahanan. Kapan kapoknya? Bisma

PENGANTAR KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menangkap tangan pejabat dan pengusaha yang diduga terlibat korupsi. Kemarin, dua pejabat Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) dan seorang pengusaha ditangkap. Mereka ialah Sekretaris Ditjen Pembinaan Pembangunan Kawasan Transmigrasi (P2KT) I Nyoman Suisanaya, Kabag Perencanaan dan Evaluasi Kemenakertrans Dadong Irbarelawan, dan seorang pengusaha Dharnawati.

Hukuman Mati

ANTARA/FANNY

Ketiganya ditangkap KPK hampir bersamaan di tiga tempat berbeda. Bersama penangkapan itu, KPK juga menyita uang sejumlah Rp1,5 miliar yang disimpan dalam sebuah kardus durian. Uang tersebut diduga terkait dengan pencairan dana percepat-

an infrastruktur pembangunan di 19 kabupaten bidang transmigrasi. Berikut pendapat masyarakat yang disampaikan lewat Mediaindonesia.com, Interupsi@ mediaindonesia.com, Facebook Harian Umum Media Indonesia, dan Twitter @MIdotcom.

Bekerja Lebih Baik

Tidak Mau Becermin

SEMOGA saja bukan rekayasa semata. Kalau betul, lebih baiklah dalam bekerja. Temu Lawak

UANG memang dekat dengan setan, semestinya orang bisa becermin pada kasus-kasus sebelumnya. Kalau sudah begini, tidak ada gunanya penyesalan. Nahop

Tangkap Semuanya

Hukum bukan Panglima BERTINGKAH selama hukum bukan panglima di negeri ini. Hukum cuma berlaku buat orang lain, tidak berlaku untuk pejabat-pejabat berkuasa. Deka Cavallica

ITU kan yang tertangkap tangan, yang tidak bagaimana? Herman Firdaus Adriyanto

Gaji masih Kurang WAH sudah biasa kok. Enggak heran lagi. Mungkin gaji pejabat yang tertangkap itu masih kurang buat kebutuhan dia. Appolo Reformasi

Interupsi @

Menpora Akui Bertemu Nazar KPK harus gigih mencari kiat agar Nazaruddin buka mulut untuk membeberkan kasus korupsi APBN. IRVAN SIHOMBING

M

ENTERI Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng mengakui pernah bertemu dengan tersangka kasus Wisma Atlet SEA Games, Palembang, Muhammad Nazaruddin, di ruang kerjanya di lantai 10 Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Pertemuan itu berlangsung sekitar Februari-Maret 2010. Informasi mengenai pertemuan tersebut sempat diungkapkan salah seorang terdakwa kasus suap Wisma Atlet SEA Games, Palembang, Wafid Muharram, dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, beberapa waktu lalu. Seskemenpora Wafid Muharram mengakui Nazaruddin pernah bertemu ke kantor Kemenpora. Namun pertemuan itu terjadi di ruang kerja Andi Mallarangeng di lantai 10 Kantor Kemenpora. Ikut hadir dalam pertemuan itu anggota Badan Anggaran DPR Angelina Sondakh dan Ketua Komisi X DPR Mahyudin. Semua

peserta pertemuan itu berasal dari Partai Demokrat. “Saat itu, saya dipanggil Menpora Andi Mallarangeng dan diperkenalkan kepada mereka.” Andi yang ditemui di Jakarta, kemarin, membenarkan hal tersebut. Namun, ia buru-buru berkilah pertemuan tersebut hanya silaturahim. “Saya (rasa) enggak ada yang luar biasa, cuma silaturahim. Cuma hal-hal yang umum. Yang jelas tidak ada bicara soal proyek. Kalau itu, semua harus sesuai prosedur,” ucapnya. Namun, Andi yang juga Sekretaris Dewan Pembina Partai Demokrat itu mengaku tidak pernah menginstruksikan apa pun kepada Wafid. Padahal, Wafid menyebutkan Menpora menginstruksikan sesuatu kepadanya. Ketika dimintai konfirmasi soal pernyataan Wafid bahwa Menpora yang mengenalkan Angelina dan Mahyudin, Andi membantah. “Oh, tidak ada itu. Tidak ada.” Dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dilaporkan, terdakwa kasus suap dalam proyek Wisma Atlet SEA Games, Mindo Rosalina

Manulang kembali diperiksa. Penyidik mencecar sejumlah pertanyaan terkait hubungan dirinya dengan Menpora Andi Mallarangeng, Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, Komisi X DPR, dan Badan Anggaran DPR. Soal Blackberry Pengacara OC Kaligis tidak mempermasalahkan perihal temuan Blackberry di sel kliennya, Muhammad Nazaruddin di Rutan Brimob, Kelapa Dua, Depok. “Dulu (Aulia) Pohan pakai, Nurdin (Halid) pakai, tidak ada masalah. Dia (Nazaruddin) ini memang sedang dikekang,” ujar Kaligis, kemarin. Kaligis mengaku sepengetahuannya Nazaruddin hanya memiliki satu tablet iPad yang dipergunakan untuk mengikuti pemberitaan di media massa. Menyoal hal itu, Mabes Polri sedang memeriksa asal muasal telpon seluler Blackberry milik Nazaruddin. Menurut Kabareskrim Komjen Sutarman, BlackBerry yang ditemukan itu hasil razia kepala tahanan di Mako Brimob. “Sekitar empat hari lalu,” jelasnya. (SZ/ San/Bob/*/P-2) irvan@mediandonesia.com

Heli Rusia Perkuat TNI-AD

ENAM unit helikopter MI17 V5 buatan Rusia memperkuat TNI-AD, termasuk dalam rangka gelar pasukan untuk pengamanan daerah perbatasan. “TNI-AD menargetkan 18 unit MI-17 yang bermarkas di Skuadron 31 Heli Serbu sehingga satu batalyon pasukan dapat diangkut dalam waktu bersamaan,” tutur Kepala Staf TNI-AD (KSAD) Jenderal Pramono Edhie Wibowo saat serah terima enam unit helikopter di halaman Skuadron 21 Pusat Penerbangan TNI-AD di Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, kemarin.

Ia menambahkan daya angkut MI-17 lebih besar dibandingkan jenis Bell. “Helikopter ini sangat efektif. Apalagi TNIAD lebih banyak gelar kekuatan di daerah perbatasan, daratan, dan pegunungan,” ujar Pramono. Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono menambahkan, kehadiran helikopter itu bisa digunakan pula untuk pengamanan perbatasan, baik untuk pemantauan, maupun pengerahan pasukan dan logistik. “Helikopter ini juga bisa digunakan sebagai helikopter serbu dan angkut pasukan

pada jumlah tertentu, misalnya dalam rangka pengamanan perbatasan,” katanya. Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan Indonesia memang memfokuskan pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) multifungsi seperti helikopter MI-17 yang dapat digunakan untuk operasi militer perang maupun nonperang. Dubes Rusia untuk Indonesia Alexander Ivanov mengatakan pengadaan helikopter MI-17 itu menggunakan state loan sebesar US$56 juta dari peme rintah Rusia. (DA/*/ Ant/P-1)

Makin Muak

Kementerian Paling Rawan

SUDAH, enggak usah banyak omong. Bantai saja mereka. Gua sudah muak! Wildan Bagja

Jangan Putus di Tengah Jalan

SALAH satu kementerian yang paling rawan dengan tindak korupsi karena mengurusi hubungan antara pekerja dan pengusaha. Banyak kejadian para pengusaha menyuap institusi ini untuk melancarkan tujuannya. Zaenal Abidin

SEMOGA saja kasusnya enggak putus di tengah jalan. Muhammad Daud

Tidak Ada Efek Jera

SERAHKAN ke masyarakat antikorupsi saja biar diadili seadil-adilnya. Bantai koruptor! Fauzan Rahman

BERITA seperti ini akan jadi menu kita sehari-hari kalau hukuman bagi koruptor tidak membuat efek jera. Hukuman ringan dapat potongan tahanan, denda tidak sebanding dengan nilai korupsi, dipenjara bisa diatur-atur keluar masuk. Nelly Izmi

Bersihkan Birokrat

Salut untuk KPK

KPK maju terus, jangan mundur! Jangan lupa sapu bersih oknum birokrat korup di daerah! Unang Sastra Atmaja

SALUT, salut buat KPK, setiap hari ada saja koruptor yang tertangkap. Maju terus KPK-ku! Naufal Hamdi

Adili secara Adil

Pejabatnya Rusak ENGGAK heran, karena korupsi adalah pekerjaan pokok pejabat-pejabat di negara ini. Negara ini benar-benar sudah rusak pejabatnya! Ce Sarianti


P OLKAM

SABTU, 27 AGUSTUS 2011

3

Pemerintah tidak Ditekan Tangani Konflik di Papua DUNIA internasional sama sekali tidak memberi tekanan terhadap pemerintah Indonesia terkait dengan penanganan konflik di Papua. “Pertemuan di Oxford, Inggris, juga tidak mendapatkan respons dari dunia internasional,” ujar Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di Jakarta, kemarin. Purnomo menjelaskan pendekatan kesejahteraan sangat penting bagi penyelesaian konflik di Papua. “Walaupun kami di bidang politik, hukum, dan keamanan, kami menyadari betul peningkatan kesejahteraan di Papua itu penting dan perlu dilakukan,” kata dia.

Pada 2 Agustus, beberapa orang yang tergabung dalam International Lawyers for West Papua (ILWP) menggelar konferensi Papua di Universitas Oxford, Inggris. Dalam kesempatan berbeda, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono menegaskan tidak akan bernegosiasi dengan setiap gerakan separatis. Akan tetapi, lanjut dia, TNI tidak akan gegabah menyikapi situasi di Papua meski situasi keamanan di wilayah itu yang cenderung menghangat. Karena itu, dia memastikan, TNI tidak berupaya untuk mengembalikan kekuatan militer di Papua.

“Tidak, kami tidak melakukan itu, tidak ada penambahan kekuatan ke Papua baik dari Jakarta maupun dari luar daerah. Semuanya adalah satuan kewilayahan setempat, termasuk dalam kegiatan bakti sosial di Puncak Jaya,” tuturnya. Panglima TNI menegaskan, perbantuan kekuatan hanya dilakukan TNI untuk pengamanan di perbatasan Papua-Papua Nugini. “Saat ini jumlah personel TNI di perbatasan sekitar 1.500 orang yang berjaga di pos di perbatasan,” katanya. Agus mengemukakan perbantuan kekuatan itu berasal dari seluruh satuan TNI seperti Kostrad dan Kopassus.(*/Ant/P-1)

DINAMIKA Pelibatan KPK tidak Efektif

RUU Mandek Sebaiknya Dibawa ke Paripurna

PELIBATAN Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam penyusunan anggaran tidak akan efektif dalam mencegah praktik mafia anggaran. Sebab, harus ada perombakan dalam sistem pembahasan anggaran. Wakil Ketua KPK M Jasin di Jakarta, kemarin, mengatakan KPK pernah mengusulkan agar DPR tidak berwenang membahas anggaran hingga satuan tiga atau terperinci. “Hendaknya kajian yang diusulkan pada 2008 itu dipertimbangkan untuk diikuti,” tutur Jasin. Di sisi lain, Wakil Ketua DPR Pramono Anung menegaskan Badan Anggaran (Banggar) DPR tidak perlu dibubarkan, tetapi harus direvitalisasi agar kewenangan badan itu tidak berlebihan. Memperketat kewenangan Banggar, menurut dia, bisa dilakukan dengan memasukkan KPK dalam kegiatan Banggar.“KPK dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) harus dilibatkan sejak awal penyusunan anggaran untuk mengurangi dan menimbulkan ketakutan bagi siapa pun yang melakukan penyelewengan.” (SZ/*/P-1)

KOMISI II DPR diingatkan untuk segera menuntaskan Rancangan Undang-Undang tentang Penyelenggara Pemilu. Jika Komisi II dan pemerintah tidak juga mencapai titik temu, RUU itu disarankan sebaiknya langsung dituntaskan di Rapat Paripurna DPR. “Jika masih mengambang, bawa saja ke paripurna. Mau tidak mau harus begitu, biar diputuskan di sana,” tegas Wakil Ketua DPR dari F-PG Priyo Budi Santoso di Jakarta, kemarin. Sekjen DPP PPP Romahurmuziy juga mendorong RUU itu diajukan ke rapat paripurna. “Bawa saja ke paripurna. Kalau musyawarah mufakat tidak bisa, voting saja. Hasilkan dua rumusan, yang mana yang dipilih prioritas,” ujar dia. Komisi II DPR dan pemerintah tidak juga menuntaskan dua pasal krusial dalam RUU itu. Dua pasal krusial itu adalah mengenai batas waktu anggota parpol untuk mundur untuk bisa menjadi anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan mengenai kemungkinan pemerintah untuk bisa masuk dalam Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). (Wta/P-1)

BUKA PUASA BERSAMA PRESIDEN: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) bersama Direktur Utama Perum LKBN Antara Ahmad Mukhlis Yusuf saat buka puasa bersama dengan pemimpin redaksi dan wartawan Istana Kepresidenan, di Istana Negara, Jakarta, kemarin. RUMGAPRES/ABROR RIZKY

Rekomendasi KY Ditolak Ada kekhawatiran bagi hakim bisa dihukum bila membuat keputusan yang salah. EMIR CHAIRULLAH

M

AHKAMAH Agung (MA) tidak menyangkal dugaan terjadi pelanggaran kode etik oleh hakim yang menangani kasus yang menjerat mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar. Akan tetapi, MA tidak memberi sanksi terhadap pelanggaran itu. “Idealnya, hakim ya begitu. Tapi tidak berarti bisa dipakai oleh Komisi Yudisial (KY) untuk menilai putusan telah salah,” kata Ketua MA Harifin Tumpa di Jakarta, kemarin.

Dia mengatakan itu saat menjawab dugaan pelanggaran poin 10 kode etik hakim dalam kasus Antasari Azhar. Poin 10 itu berisi mengenai keharusan hakim bersikap profesional. Menurut dia, tidak ada sanksi yang bisa ditetapkan terhadap pelanggaran kode etik, selain berupa peringatan. Dengan begitu, dia menolak rekomendasi KY untuk menonpalukan tiga hakim yang menyidang Antasari Azhar. MA menilai rekomendasi KY sudah memasuki kewenangn hakim karena terkait teknis putusan. Harifin menjelaskan, yang menjadi keberatan MA yaitu rekomendasi KY sudah masuk ke teknis pemeriksaan perkara. Padahal, perkara itu masih berlanjut dengan pengajuan peninjauan kembali (PK). “Kalau rekomendasi KY dibenarkan akan memengaruhi hakim,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Harifin, jika hakim dipersalahkan akibat putusan, independensi hakim bisa terganggu. “Ada kekhawatiran apabila hakim membuat keputusan yang salah, akan dihukum,” jelasnya. Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, pada 11 Februari 2010, memvonis 18 tahun penjara bagi Antasari dalam kasus pembunuhan Direktur PT Putra Rajawali Banjaran Nasrudin Zulkarnaen pada 14 Maret 2009. Putusan itu diperkuat hingga tingkat kasasi MA pada 21 September 2010. Pada 17 Agustus 2011, Antasari memperoleh remisi selama empat bulan karena dinilai telah berkelakuan baik selama di dalam penjara. Pada 9 Agustus, KY menilai tiga hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang mengadili perkara Antasari Azhar telah melanggar kode etik. Rapat pleno KY juga mereko-

mendasikan agar ketiga hakim itu nonpalu. Tiga hakim itu adalah Heri Swantoro, Prasetyo Ibnu Asmara, dan Nugroho Setiaji. KY menilai ketiga hakim tersebut melanggar prinsip profesionalitas karena mengabaikan sejumlah barang bukti penting di hadapan pengadilan. Etika hakim Wakil Ketua KY Imam Anshori Saleh menyayangkan sikap MA itu. Menurut dia, MA terlalu bersikap prosedural. Menurut dia, MA membahas rekomendasi KY terkait persoalan etika hakim, bukannya teknis yudisial. Namun, ia tidak mempersoalkan apabila MA berkukuh dengan penolakan tersebut. “Biar saja masyarakat yang menilai,” ujarnya. (*/P-1) emir@mediaindonesia.com


4

M EGAPOLITAN POLITAN

SABTU, 27 AGUSTUS 2011

Pembunuh Livia Ditangkap Mereka memang sengaja mengincar perempuan yang bepergian naik angkot sendirian. SELAMAT SARAGIH

K

EPOLISIAN Resor Jakarta Barat bersama dengan Polda Metro Jaya berhasil menangkap empat dari enam pelaku yang terlibat pembunuhan mahasiswi Bina Nusantara, Livia, 21, yang mayatnya ditemukan warga di daerah Cisauk, Tangerang. “Kita sudah tangkap pelakunya. Ada empat orang. Tapi yang terlibat pembunuhan langsung hanya dua orang,” ujar Kapolres Jakarta Barat Komisaris Besar Setija Junianta di Jakarta, kemarin. Keempat tersangka tersebut ialah RH, 24, IN, 22, SR, 52, dan AB, 18. RH, SR, dan AB ditangkap pada Kamis (25/8) malam

di Kemanggisan, Jakarta Barat, sedangkan IN ditangkap kemarin pagi di Kebon Jeruk. “SR dan AB adalah penadah yang membeli barang hasil curian sedangkan RH dan IN merupakan dua dari empat pelaku pembunuhan lainnya. Untuk RH dia merupakan residivis yang pernah divonis dua tahun karena kasus narkoba,” kata Setija. Hingga kini, polisi juga masih memburu dua tersangka lainnya yang diperkirakan lari ke arah Tangerang. “Kita masih kejar dua pelaku lainnya. Salah satu dari DPO tersebut diduga yang memerkosa Livia dan satu lainnya ialah si sopir yang membawa angkot,” tuturnya. Aksi pembunuhan Livia, menurut Setija, dilakukan pada Selasa (16/8) siang. Saat itu, sekitar pukul 13.00 WIB, Livia yang baru keluar dari kampusnya di kawasan Kebon Jeruk, memberhentikan angkutan umum M24 jurusan Srengseng-Slipi. Wanita berkulit putih tersebut tidak mengetahui angkutan yang dinaikinya berisi orang-

MI/ANSHAR

Setija Junianta Kapolres Jakarta Barat orang jahat yang memang berencana merampas harta korban yang masuk perangkap mereka. “Mereka memang sengaja untuk berbuat jahat. Khususnya pe rempuan, siapa saja yang masuk dan ada potensi untuk dirampas barang bawaannya. Seratus persen sadar dan mencari mangsa,” ujar Setija. Karena sudah telanjur masuk perangkap, perempuan berambut lurus tersebut tidak bisa berbuat banyak selain meronta. Kekuatannya tidak bisa mengimbangi kekuatan tiga pria yang memeganginya. Tak ayal, barang bawaan berupa dua buah telepon seluler dan dompet yang berisi uang tunai Rp200

ribu berhasil digasak. Salah satu pelaku yang masih buron, dengan teganya memerkosa Livia yang saat itu ditengarai sudah tidak bernyawa. “Diduga saat diperkosa Livia sudah tidak bernyawa karena sebelumnya sudah dicekik dan mulutnya disumpal,” jelasnya. Aksi bengis para perampok diperkirakan terjadi antara pukul 13.00-16.00 WIB. Dari para tersangka, petugas menyita barang bukti sebuah mikrolet berwarna biru bernopol B 2912 TK yang digunakan untuk melakukan aksi, dan satu ponsel. Kisah kematian livia ini terbilang cukup tragis. Gadis malang itu harus kehilangan nyawanya di hari kelulusannya. Livia berangkat dari rumah pada 16 Agustus 2011 dengan menggunakan kemeja putih dan rok hitam menuju kampus Universitas Bina Nusantara untuk mengikuti ujian skripsi. Seusai mengikuti ujian skripsi, teman kampus melihat Livia masih berada di sekitar kampus. Keluarga masih bisa mengontak

Livia hingga 17 Agustus 2011, namun tidak pernah dijawab. Setelah tanggal itu, ponsel Livia langsung tidak aktif. Baru pada Minggu, 21 Agustus 2011, seorang warga menemukan sesosok mayat tak beridentitas mirip Livia di sebuah kebun di wilayah Cisauk, Tangerang. Harus hati-hati Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Baharudin Djafar mengimbau siapa saja yang kehilangan anggota keluarga agar segera melapor. “Kapolda Metro Jaya sudah menginstruksikan untuk menanggapi setiap laporan masyarakat tentang warga yang meninggalkan rumah,” ujarnya. Baharudin juga mengimbau masyarakat agar lebih waspada serta tidak bepergian seorang diri. “Sedangkan bagi pemilik kendaraan umum, sebagai sopir utama jangan mudah memberikan kepada sopir tembak yang bisa saja digunakan sebagai pelaku kejahatan.” (*/J-2) selamat@mediaindonesia.com

MI/PANCA SYURKANI

TIDAK MEMBAWA TEMAN: Spanduk imbauan mudik terpasang di gerbang Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (25/8). Pemprov DKI Jakarta mengimbau pemudik agar tidak kembali dengan membawa teman dan saudara. Seandainya terpaksa pun sebaiknya membawa orang yang memiliki keterampilan agar tidak menganggur.

Pemudik Gratis di Tanjung Priok Minim SAAT memasuki H-4 Lebaran, peserta program mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Priok ma sih jauh di bawah kuota. Penyebabnya ialah banyaknya instansi dan perusahaan yang menyelenggarakan program mudik bersama. “Padahal, sosialisasi sudah kami lakukan dengan menggunakan berbagai media, dari Dinas Perhubungan ataupun kepolisian. Namun, kuota masih kurang,” kata Kepala Operasi onal Otoritas Pelabuhan II Sahat, kemarin. Berdasarkan pantauan, hingga pukul 11.00 WIB, satu jam sebelum pendaftaran ditutup, Kantor Operasional Otoritas Pelindo II mencatat 547 orang penumpang dan 284 motor. Jumlah ini jauh di bawah kapasitas KRI TNI-AL yang mencapai 2.000 penumpang. Rencananya, penumpang mudik gratis diberangkatkan hari ini pukul 11.00 WIB. Sementara itu, arus mudik terus mengalir dari program mudik bareng yang diadakan beberapa perusahaan. PT Yamaha Motor Indonesia memberangkatkan sedikitnya 1.000 pe mudik ke Semarang dan Yogyakarta dengan 20 bus ek-

sekutif. Disediakan pula 10 truk untuk mengangkut 500 motor pemudik. Tidak ketinggalan, Alfamart bekerja sama dengan P&G memberangkatkan 1.000 pemudik tujuan Bandung, Purwokerto, Semarang, Solo, dan Surabaya dengan 20 bus. Pemudik ialah 250 orang pemegang A Card Flazz, kartu AKU dan kartu AKU BNI yang berhak membawa serta 3 orang keluarga. Arus mudik di Terminal Bus Lebak Bulus terpantau naik 10%. Kepala Terminal Lebak Bulus FK Wowor melaporkan hingga kemarin, jumlah pemudik yang telah diberangkatkan berjumlah 9.552 orang. Di Bandara Soekarno-Hatta, jumlah penumpang mudik mencapai 155 ribu-160 ribu penumpang. Jumlah ini meningkat 25% dibandingkan tahun sebelumnya. Pemudik juga terpantau memadati Stasiun Senen yang memberangkatkan 19 KA reguler dan 6 pemberangkatan KA tambahan. Berdasarkan pantauan Traffic Management Centre (TMC) Polda Metro Jaya, arus lalu lintas di sekitar Jakarta mulai lengang. (NY/SM/*/J-4)

LINTAS BERITA Berkas Melinda Dee sudah Lengkap BERKAS perkara tersangka kasus penggelapan dan pencucian uang, Inong Malinda alias Melinda Dee, akhirnya dinyatakan lengkap oleh jaksa penuntut umum. Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri Inspektur Jenderal Sutarman mengatakan hal itu saat dihubungi Media Indonesia di Jakarta, kemarin. “Berkas yang bersangkutan sudah dinyatakan lengkap, P-21, oleh jaksa penuntut umum,” jawab Sutarman singkat. Penyerahan fisik tersangka dan barang bukti tahap II ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan akan dilakukan setelah Lebaran. Seperti diketahui, Melinda disangka menggelapkan dana tiga nasabah Citibank sebesar Rp16 miliar ketika menjabat Relationship Manager Citibank. Sebagian dana yang digelapkan dialirkan ke suami sirinya, Andhika Gumilang, serta adiknya, Visca Lovitasari dan Ismail bin Jamin (suami Visca). (*/J-2)

Rute Baru Busway saat Lebaran PADA malam takbiran 1 Syawal 1432 H (29/8), operasional busway hanya sampai pukul 18.30 WIB. Itu dilakukan karena jalan-jalan reguler akan dipadati kendaraan-kendaraan yang melakukan pawai takbiran. Namun pada Lebaran pertama, bus Trans-Jakarta mulai beroperasi pukul 09.00 sampai 23.00 WIB. Pengelola busway mengadakan rute tambahan di beberapa koridor terutama yang melewati objek wisata maupun pusat perbelanjaan. “Rute layanan khusus ini berlaku mulai Lebaran hari pertama sampai 4 September 2011,” kata Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Trans-Jakarta, Muhammad Akbar, di Jakarta, kemarin. Rute-rute tambahan tersebut antara lain Blok M-Ancol, RagunanCililitan, Pulo Gadung (koridor 2)-Ancol, Kalideres-Ancol, Pulo Gadung (koridor 4)-Ragunan, dan Ragunan-Harmoni. (Ssr/J-2)

Preman di Tangerang makin Marak MENJELANG Lebaran Idul Fitri 1432 H, jumlah pemerasan yang berkedok sebagai timer angkutan mulai merebak di Kota Tangerang. Akibatnya petugas Polres Tangerang melakukan razia dan berhasil menangkap dua preman pasar yang kedapatan melakukan pemerasan terhadap para sopir angkot R-10 jurusan Cipondoh-Pasar Anyar. “Kedua orang preman itu kami tangkap karena telah meminta uang secara paksa. Kepada para sopir kutipannya sebesar Rp 5.000 per mobil untuk THR,” kata Kapolres Metropolitan Tangerang Kota, Kombes Tavip Yulianto, Kemarin. Kedua preman tersebut adalah, Nana, 45, dan Mahmudi, 44. Akibatnya para sopir angkot terpaksa memutar jauh melalui Jalan Sutami yang mengakibatkan para penumpang harus berjalan kaki cukup jauh jika ingin ke Pasar Anyar. “Tentunya apa yang dilakukan kedua preman ini sangat meresahkan masyarakat,” tandasnya. (SM/J-2)


E KONOMI NOMI

SABTU, 27 AGUSTUS 2011

5

Nasional Terbukti tidak Pegang Kendali Newmont BKPM sudah dua kali mengirimkan surat panggilan kepada IMI dan Pukuafu untuk memberi penjelasan, tapi tidak dipenuhi. FIDEL ALI PERMANA

P

ORSI kepemilikan nasional di PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) hampir dipastikan tidak memenuhi 51%. Kendali nasional tersebut terganjal oleh hak suara nasional yang bisa dialihkan ke induk NNT, yakni Newmont Ventures Limited (NVL). Hal itu dikatakan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Gita Wirjawan saat ditemui di kantor Menko Perekonomian, Jakarta, kemarin. Kontroversi posisi kepemilikan nasional di NNT bermula dari penjualan 2,2% saham NNT milik PT Pukuafu Indah kepada PT Indonesia Masbaga Investama (IMI). Pukuafu yang semula memiliki 20% kini hanya memegang 17,8%. Belakangan diketahui, IMI terlibat perjanjian pembiayaan dengan NVL. Dalam perjanjian itu hak suara IMI di NNT akan beralih ke NVL apabila IMI dinilai gagal bayar dalam mengembalikan pinjaman ke

NVL. “Siapa pun yang ambil, apakah pusat atau daerah, telah terjadi pengalihan hak suara. Itu mematahkan argumen kita untuk pihak nasional bisa memiliki 51%. Hak suaranya kan dilimpahkan balik ke Newmont (NTP BV), itu jelas banget di laporan per kuartal dan per tahun,” tukas Gita. Lebih lanjut ia mengatakan pembelian 7% saham NNT oleh pemerintah pusat sebagai tahapan terakhir proses divestasi saham NNT juga masih terkendala. Pembayaran tidak dapat segera dilakukan karena harus menunggu hasil audit Ba dan Pemeriksa Keuangan (BPK). Selain itu, BKPM juga belum mendapat surat rekomendasi yang dikeluarkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk pembayaran tersebut. “Belum (dapat dibayar). Justru kita juga mau klarifikasi yang dari Pukuafu dan Masbaga,” urai Gita. Ia mengaku pihaknya sudah mencoba mencari tahu alasan IMI menyetujui perjanjian hak alih suara di NNT tersebut. BKPM bahkan sudah dua kali mengirimkan surat panggilan kepada IMI dan Pukuafu untuk menjelaskan perihal pengalihan hak suara itu. “Mereka tidak mau datang, malah kirim surat ‘Kalau ada pertanyaan, silakan kirim saja pertanyaan secara tertulis, nanti

kita jawab’,” ungkap Gita. Hambat IPO Kontroversi kepemilikan saham tersebut juga meresahkan manajemen NNT sendiri. Presiden Direktur NNT Martiono Hadianto telah mengirim surat kepada Presiden NVL tertanggal 19 Agustus 2011 dan meminta NVL membatalkan perjanjian pengalihan hak suara yang dijaminkan IMI. “Dalam pandangan saya, isu tentang hak suara yang dimiliki PT IMI merupakan satu elemen yang memengaruhi penyelesaian proses divestasi,” ungkap Martino dalam surat itu (Media Indonesia, 26/8). Ia menambahkan, masalah hak suara saham NNT yang dimiliki IMI telah merugikan NNT. Pasalnya, hal itu menghambat realisasi rencana penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) perusahaan. Data dari NNT dan Direktorat Jenderal Mineral, Batu Bara, dan Panas Bumi Kementerian ESDM menyebutkan kini 56% saham NNT dipegang Sumitomo dan Newmont Indonesia Limited (NIL), serta 24% dipegang PT Multi Daerah Bersaing (MDB) yang dimiliki konsorsium pemda dan swasta. Pemilik saham NNT lainnya, Pukuafu, memegang 17,8% dan IMI sebanyak 2,2%. (ML/E-1) fidel@mediaindonesia.com

ANTARA/HO

STANDARDISASI NASIONAL: Deputi Bidang Informasi dan Pemasyarakatan Badan Standardisasi Nasional (BSN) Dewi Odjar Ratna Komala (kiri) bersama Kepala Pusat Pendidikan dan Pemasyarakatan Standardisasi BSN Tisyo Haryono (kanan) meninjau kampanye keselamatan produk yang menggunakan logo Standar Nasional Indonesia (SNI), di Cikupa, Banten, kemarin. Kampanye keselamatan penerapan SNI bertujuan memperkenalkan kepada masyarakat tentang produk-produk yang menggunakan logo SNI.

EKONOMIKA Sambut Lebaran, Bank Libur 5 Hari

Pegadaian Gelar Mudik Gratis

PERBANKAN akan diliburkan selama 5 hari, mulai Senin (29/8) hingga Jumat (2/9) terkait dengan perayaan Idul Fitri yang jatuh pada 30 dan 31 Agustus 2011. “Jumat (26/8) layanan kas beroperasi normal. Tapi mulai Senin (29/8) sampai Jumat (2/9), layanan kas ditiadakan. Kemudian pada Senin (5/9) layanan kas beroperasi normal,” demikian pernyataan bank sentral yang dikutip dari website Bank Indonesia (BI), kemarin. Menurut juru bicara BI Harymurthy Gunawan, libur itu juga berlaku untuk operasional weekend banking pada 3-4 September. “Seperti halnya kegiatan perbankan pada weekend yang lain, misalkan tanggal 27-28 Agustus, layanan kas memang tidak ada karena memang bank-banknya juga tidak beroperasi,” ujar Hary. Selain menutup layanan kas, bank sentral juga meliburkan BI real time gross settlement (BI-RTGS) dan BI scripless securities settlement system (BI-SSSS), dan sistem kliring nasional BI (SKNBI). (AI/E-4)

PERUM Pegadaian melepas keberangkatan 1.300 nasabah Pegadaian se-Jabodetabek pada kegiatan mudik Lebaran tahun ini. Penyelenggaraan mudik bersama itu merupakan bagian dari program corporate social responsibility (CSR) perusahaan. Direktur Utama Perum Pegadaian Suwhono menuturkan kegiatan mudik gratis itu merupakan yang keempat kalinya sejak 2008. Selain Jakarta, Pegadaian juga menyelenggarakan kegiatan yang sama di Makassar. “Dengan program CSR, Pegadaian menyumbangkan sesuatu ke masyarakat,” kata Suwhono di Kantor Pusat Pegadaian, Jakarta, kemarin. Menurutnya, peserta mudik gratis semakin bertambah setiap tahun. Untuk tahun ini, misalnya, peserta lebih banyak daripada tahun lalu yang hanya 1.275 nasabah. “Tahun ini Pegadaian menggunakan 24 bus dengan berbagai tujuan, yaitu Malang, Surabaya, Madiun, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, Semarang, dan Purwokerto,” terangnya. (*/E-4)

PT GEELY MOBIL INDONESIA

Geely menyediakan posko mudik selama periode 26 Agustus - 4 September 2011 di Pantai Utara (PANTURA), Cikampek dan Puncak Km.77 serta di seluruh bengkel resmi Geely di Indonesia. Hotline Service : 0816 167 1616, 0815 828 3632, 0812 855 0210

Dealers : Jakarta (021) 6530 7868, Bandung (022) 603 3725, Bekasi (021) 880 2136, Tasikmalaya (026) 533 8396, Semarang (024) 761 4658, Surabaya (031) 534 3163, Gresik (031) 398 4034, Malang (0341) 491 195, Bondowoso (0332) 7760888, Madiun (0351) 468 854 Bali (0361) 431 111, Samarinda (0541) 766 6731, Banjarmasin (0511) 9118888, Medan (061) 664 1818, Pekanbaru (0761) 857 5000

www.geely.co.id


6

N USANTARA

Gubernur Riau Minta Maaf kepada Wartawan GUBERNUR Riau Rusli Zainal memohon maaf atas intimidasi yang dilakukan Kepala Biro Umum Pemprov Riau Surya Maulana bersama dua stafnya terhadap wartawan Tribun Pekanbaru. Pernyataan itu disampaikan secara langsung di rumah dinasnya, Kamis (25/8) malam, setelah puluhan wartawan Riau dari berbagai media dan asosiasi lembaga kewartawanan, malam itu juga, melakukan aksi unjuk rasa damai atas intimidasi tersebut. Surya Maulana mengancam akan membunuh wartawan Tribun Pekanbaru, Hengki Seprihadi, terkait pemberitaan penggelapan dana bantuan sosial untuk masjid. Dalam aksi itu wartawan juga menyalakan lilin sebagai simbol keprihatinan atas pelecehan profesi jurnalis yang dilindungi UU No 40/1999 tentang Pers. Aksi kecaman atas tindakan intimidasi terhadap profesi wartawan itu juga diwarnai bentrok rombongan wartawan dengan petugas Satpol PP. Para wartawan dihadang puluhan

personel Satpol PP saat masuk ke kantor Gubernur Riau. Sempat terjadi saling dorong antara wartawan dan Satpol PP. Insiden itu akhirnya dapat dilerai setelah Kepala Biro Humas Pemprov Riau meminta personel Satpol PP memberi jalan kepada wartawan untuk ke depan pintu rumah Gubernur Riau. “Kami minta Gubernur Riau menindak pejabatnya karena sudah mengancam untuk membunuh rekan kami. Ancaman itu sudah membahayakan keselamatan jiwa wartawan,” tegas wartawan senior Kompas, Syahnan Rangkuti. Ketua Perhimpunan Jurnalis Indonesia Riau Tony Hidayat meminta Gubernur Riau bersikap tegas dengan menindak Kepala Biro Umum. “Dalam UU Pers ada mekanisme yang dapat diikuti pejabat terkait pemberitaan. Ada hak jawab dan Dewan Pers. Jangan pejabat publik, pelayan masyarakat mengancam membunuh wartawan.” Dalam pertemuan dengan wartawan, Rusli Zainal berjanji akan menindaklanjuti insiden itu. (RK/N-1)

Jembatan Bailey Porong tidak Aman PARA pemudik harus mewaspadai jembatan bailey yang menghubungkan arteri Porong di Desa Kebonagung, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, karena berbahaya jika dilalui kendaraan besar. Kapolda Jawa Timur Irjen Hadiatmoko yang meninjau jembatan dari dekat, menilai kondisinya kurang aman untuk dilalui kendaraan terutama bagi pemudik Lebaran. ‘’Seperti kendaraan bus yang memiliki

meningkatkan produksi pertanian termasuk bawang merah. Apalagi Brebes memang menjadi sentranya bawang merah. “Saya dapat informasi dari petani bahwa harga bawang kini mulai naik, semula jatuh tapi sekarang sudah mencapai Rp6.500 per kg,” kata Presiden. Dalam kesempatan itu, SBY juga memborong 2 ton bawang merah petani seharga Rp15 juta yang akan dijadikan oleh-oleh. “Ini saya beli untuk oleh-oleh,” kata SBY sembari memeriksa bawang yang akan dibelinya. Presiden bersama rombongan, kemarin mengakhiri Safari Ramadan selama lima hari (2226 Agustus) di Ciawi, Cianjur, Cipatat, Padalarang, Nagreg, Tasikmalaya, Wanareja, Majenang, Purwokerto, Banyumas, Brebes, dan Tegal, di Stasiun Tegal. Presiden menggunakan kereta api rombongan kembali ke Jakarta. Menurut Presiden, Safari Ramadan kali ini dilakukan untuk melihat langsung kegiatan masyarakat di sejumlah kota. (AS/Ant/N-1)

jumlah penumpang banyak,’’ kata Hadiatmoko di Surabaya, kemarin. Jembatan tersebut, lanjut Hadiatmoko, bisa digunakan jika kondisi Jalan Raya Porong sedang macet panjang. Selain itu penerangan jalan juga kurang. Sementara itu, di jalur pantura Jawa Tengah, jumlah kendaraan arus mudik yang memasuki Jawa Tengah melalui pintu tol Pejagan dan Pospam Lebaran Cisanggarung, Brebes,

meningkat dua kali lipat. Dari pemantauan Media Indonesia di pantura, jumlah kendaraan melalui tol Pejagan maupun Cisanggarung ratarata 1.306 mobil per jam. Ditambah lagi truk-truk pembawa sembako ikut menyatu dengan kendaraan pemudik. Akibatnya jalur Brebes sepanjang 3 kilometer mulai dari Pasar Losari hingga simpang tol Pejagan terjadi antrean mengular. Antrean ini masih

disambung sampai ke Pasar Bawang. Di sepanjang jalur pantura Brebes, garis kejut yang dibuat di sekitar Jembatan Sungai Pemali dibongkar. Pembongkaran dilakukan Bina Marga dan Polres Brebes lantaran garis kejut memicu kemacetan arus mudik. Adapun di jalan lintas tengah Muaraenim, Palembang, juga terjadi kemacetan parah karena adanya pasar tumpah.

Sekretaris Dinas Perhubungan yang mewakili Kepala Dinas Perhubungan Muaraenim Fathuthrahman mengatakan, sejumlah pasar tumpah yang ada di Muaraenim berpotensi menyebabkan kemacetan saat arus mudik Lebaran. Titik kemacetan akibat pasar tumpah terjadi di Pasar Tebat Agung, Pasar Gunung Megang, Pasar Ujan Mas, dan Pasar Padu Raksa, Kecamatan Tanjung Agung. (FL/AS/TT/N-3)

MANGGA INDRAMAYU: Pemudik membeli mangga yang dijual di jalur pantura, Indramayu, Jawa Barat, kemarin. Panen mangga di saat mudik Lebaran membawa keuntungan bagi petani. Para pemudik yang beristirahat biasanya memakan mangga di pinggir jalan. Sebagian pemudik juga membeli untuk oleholeh dengan harga Rp10 ribu hingga Rp15 ribu per kg.

SBY Panen Bawang Merah di Brebes PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melakukan panen raya bawang merah di Desa Sisalam, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, kemarin. Presiden yang didampingi ibu negara Ani Yudhoyono, Menteri Pertanian Suswono, dan Gubernur Jateng Bibit Waluyo juga memborong bawang merah petani sebanyak dua ton seharga Rp15 juta. Dalam kesempatan itu Presiden menyempatkan berdialog dan mengajak para petani untuk bergotong royong bersama pemerintah pusat dan daerah meningkatkan produksi bawang merah. “Saya ingin hasil pertanian ini betul-betul dapat menguntungkan petani, bukan pedagang saja,” kata SBY. Ia mengatakan pemerintah akan berupaya agar petani bawang mendapatkan keuntungan yang lebih besar daripada pedagang. Karena itu, pemerintah akan berupaya mengalokasikan anggaran yang lebih besar bagi kepentingan petani. Dengan demikian, di kemudian hari, tambahnya, dapat

SABTU, 27 AGUSTUS 2011

MI/RAMDANI

KRI Teluk Sampit Bantu Pemudik Telantar Pelabuhanpelabuhan mulai dibanjiri pemudik. Penyedia layanan angkutan air menambah jumlah armada kapal. DENY SUSANTO

K

APAL perang KRI Teluk Sampit disiapkan untuk mengangkut seluruh pemudik dari Kota Banjarmasin, yang telantar di Pelabuhan Trisakti (Media Indonesia, 26/8). Kapten Kapal KRI Teluk Sampit Letkol IN Surya membenarkan pihaknya diminta membantu kelancaran arus mudik dan mengantisipasi lonjakan

penumpang di pelabuhan. Kapal KRI yang memiliki kapasitas penumpang sebanyak 300 orang mulai beroperasi pada H-4. Bantuan dari KRI Teluk Sampit ini setidaknya bisa mengurangi jumlah pemudik yang sampai sekarang masih menumpuk di Pelabuhan Trisakti. Tidak terangkutnya para calon penumpang kapal tujuan Surabaya lantaran maraknya calo tiket di pelabuhan. Namun pihak pelabuhan tidak mencegah praktik percaloan. ‘’Sejauh ini memang tidak ada pembatasan pembelian tiket. Berapa pun mereka beli kami layani,’’ kata Budiono, Manager PT Dharma Lautan Utama, kemarin. Budiono hanya mengimbau agar penumpang membeli tiket di loket resmi. ‘’Kalau calo men-

jual tiket Rp300 ribu-Rp350 ribu, itu tidak terlalu mahal. Harga tiket resmi Rp280 ribu.’’ Dia menjamin seluruh penumpang tidak akan telantar. Selain ada bantuan KRI Teluk Sampit, PT Dharma Lautan Utama akan menurunkan dua kapal KM Kirana 09 dan KM Kumala, yang masing-masing berkapasitas 2.000 penumpang dan 1.800 penumpang. Kemudian pada hari Minggu, akan ada empat kapal lagi yang mengangkut para pemudik. Di Sorong, Papua Barat, memasuki hari ke-26 menjelang Lebaran, ribuan pemudik memadati Pelabuhan Sorong. Para pemudik yang akan pulang ke Jawa, Makassar, Ambon, dan Sulawesi Tenggara menyerbu KM Dobonsolo. Para perantau tampak berdesak-desakan di pintu masuk kapal. Mereka

berebut masuk agar bisa mendapatkan tempat tidur yang jumlahnya terbatas. Kepala Bagian Operasi PT Pelni Cabang Sorong Adlu Dwiyanto menjelaskan Pelni akan mengoperasikan tujuh kapal dari dan keluar wilayah Sorong, selama Lebaran. Gilimanuk padat Pemudik yang memanfaatkan angkutan air juga tampak di penyeberangan Gilimanuk. Arus mudik dari Bali ke Jawa di pelabuhan Gilimanuk BaliKetapang Banyuwangi meningkat. Antrean penumpang sudah berjubel sejak pukul 22.00 hingga pukul 06.00 waktu setempat. Sejak Kamis (25/8), jumlah sepeda motor yang menyeberang ke luar Bali mencapai 13 ribu, sedangkan kendaraan roda empat diprediksi

sam pai 5.000. Adapun total penumpang setiap hari diperkirakan mencapai 40 ribu orang per hari. Sementara itu, di Pelabuhan Merak, Banten, Direksi Jasa Raharja mengunjungi kesiapan pos kesehatan PAM Lebaran. Kunjungan dipimpin langsung Direktur Jasa Raharja Diding S Anwar untuk mengecek sejumlah pos pemeriksaan kesehatan di sejumlah titik pemberangkatan para pemudik. Diding menjelaskan Jasa Raharja bergabung dengan para pelaksana angkutan mudik, dengan mendirikan pos pelayanan kesehatan cuma-cuma yang jumlahnya kurang lebih 143 pos di dermaga, terminal, stasiun, dan bandara. (Tim/N-3) denny_susanto@ mediaindonesia.com


I NTERNASIONAL

SABTU, 27 AGUSTUS 2011

Khadafi Serukan Perlawanan PBB akan mencairkan aset Libia senilai US$1,5 miliar yang sempat dibekukan. RIZKI SYARIEF

S

EBUAH jaringan rahasia ditemukan di bawah lapangan rumput tempat persembunyian Moamar Khadafi di Bab alAziziya. Terowongan tersebut menghubungkan bungker dan pusat kendali. Selain itu, di ruang rahasia itu terdapat tangga melingkar menuju ruangan mewah yang dipenuhi foto-foto keluarga Khadafi. Banyak rakyat Libia memercayai bahwa terowongan tersebut menghubungkan sejumlah wilayah di ibu kota Libia, Tripoli. Dugaan itu muncul karena Khadafi kerap muncul di suatu tempat tanpa diketahui kedatangannya. Bahkan, beberapa orang meyakini dia melarikan diri melalui terowongan itu saat pemberontak menyerbu Tripoli. Setelah menduduki kompleks tersebut, pemberontak kemudian membakar rumah yang telah lama menjadi simbol kekuasaan Khadafi. Bahkan, mereka juga menyita berbagai senjata dalam jumlah besar dan menjadikan kompleks tersebut menjadi benteng pertahanan guna memerangi kelompok loyalis Khadafi. “Ada Tripoli di bawah tanah dan Tripoli di atas tanah,” kata seorang pemberontak Ismail Dola, 26, yang menyusuri terowongan itu beserta rekannya. Namun, sejumlah pemberontak mengaku tidak terkejut dengan keberadaan terowongan dan

REUTERS/ANIS MILI

TAWANAN: Pemberontak Libia berdiri di depan pendukung Khadafi yang mereka tawan di Tripoli, Libia, Kamis (25/8). ruang rahasia itu. Kompleks persembunyian Bab al-Aziziya selama ini menjadi tempat misterius bagi rakyat Libia. Meski salah satu monumen yang paling penting di Kota Tripoli, tidak ada petunjuk jalan yang menunjukkan posisi persis lokasi persembunyian itu. Hanya sedikit orang yang pernah masuk ke kompleks tersebut. Sebagian besar warga Tripoli mengatakan takut berjalan di dekat kompleks tersebut. Mereka khawatir dicurigai penjaga keamanan kompleks, lalu ditangkap atau bahkan

Naoto Kan Mundur, Maehara Favorit Pengganti

ditembak mati. Loyalis Khadafi Di pihak lain, dari lokasi per sembunyian di gedunggedung, para penembak jitu loyalis Khadafi masih memberi perlawanan dengan menembaki kelompok pemberontak yang berada di jalanan Tripoli. Dari tempat persembunyiannya, Khadafi menyeru kepada para pendukungnya untuk terus berjuang melawan kelom pok pemberontak yang di dukung Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Pertempuran kembali mema-

Naoto Kan AP/KOJI SASAHARA

PERDANA Menteri Jepang Naoto Kan, yang dinilai gagal mengatasi bencana tsunami dan krisis radiasi nuklir, kemarin, mengumumkan pengunduran dirinya. Kan menjadi PM kelima yang mundur dalam lima tahun terakhir. Keputusan pengunduran diri Kan disampaikan dalam per temuan Partai Demokrat Jepang (DPJ). Pengunduran diri Kan membuka jalan bagi partai berkuasa itu untuk memilih perdana menteri baru pada Senin (29/8) mendatang. Kan, 64, mengatakan selama 15 bulan menjabat dia telah ber buat semaksimal mungkin untuk mengatasi berbagai rintangan yang dihadapi, termasuk bencana nuklir Fukushima Daiichi dan intrik politik di dalam partainya sendiri. “Dalam situasi luar biasa, saya melakukan apa yang seharusnya dilakukan,” kata Kan seusai menyatakan pengunduran dirinya sebagai Ketua Partai Demokrat, kemarin. Pengunduran diri Kan sudah diduga jauh hari sebelumnya

lantaran dukungan terhadapnya terus merosot. Pada 2 Juni lalu, dia memang memenangi mosi tidak percaya di Diet (par lemen Jepang). Namun, kemenangannya itu justru karena dia berjanji akan segera mengundurkan diri. Pengganti Kan nanti bakal memanggul tugas yang sangat berat karena Jepang menghadapi sejumlah masalah. Tantangan yang dihadapi yakni penguatan nilai yen sebagai ancaman terhadap ekspor, upaya rehabilitasi dari bencana tsunami dan gempa, serta pe-

PENGUMUMAN RENCANA PENGAMBILALIHAN SAHAM PT JAVA MITRA SENTOSA, BERKEDUDUKAN DI JAKARTA Direksi PT Java Mitra Sentosa, suatu perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan Undang-Undang Negara Republik Indonesia, berkedudukan di Jakarta (“Perseroan”) dan Direksi PT Aiwa Artha Sejahtera, dengan ini mengumumkan bahwa PT Aiwa Artha Sejahtera, berkedudukan di Jakarta, bermaksud untuk mengambil alih saham Perseroan yang akan mengakibatkan beralihnya pengendalian atas Perseroan. Sehubungan dengan rencana tersebut, bagi kreditur atau pihak-pihak yang berkepentingan yang keberatan atas rencana pengambilalihan saham Perseroan dapat mengajukan keberatannya dengan mengirimkan surat secara tertulis dalam jangka waktu selambatlambatnya 14 (empat belas) hari sejak tanggal pengumuman ini melalui: 1. PT Java Mitra Sentosa, dengan alamat Jalan Angkasa I RT 01/09 Kelurahan Halim Perdana Kusuma Kecamatan Makassar, Jakarta. 2. PT Aiwa Artha Sejahtera, dengan alamat Gedung Wisma Metropolitan 2, 6th Jln. Jend Sudirman Kav 29-31, Jakarta. Apabila dalam waktu sebagaimana disebutkan di atas tidak ada keberatan dari kreditur atau pihak yang berkepentingan maka dianggap para kreditur atau pihak yang berkepentingan menyetujui rencana tersebut. Pengumuman ini dibuat dalam rangka memenuhi ketentuan Pasal 127 Undang-Undang No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Direksi PT Java Mitra Sentosa

Jakarta, 27 Agustus 2011 Direksi PT Aiwa Artha Sejahtera

nuntasan krisis radiasi dari pembangkit listrik tenaga nuklir. Tantangan lain yang harus dituntaskan terkait dengan masalah pelaksanaan kebijakan energi baru, dan utang besar untuk membiayai kesejahteraan kaum manula. Seiji Maehara, politikus garis keras terhadap China, menjadi favorit untuk menggantikan Kan. Namun siapa pengganti Kan nantinya baru akan diputuskan anggota-anggota DPJ yang duduk di Diet. (Drd/AP/ Reuters/I-2)

nas setelah Khadafi menyampaikan pesan untuk melawan pemberontak. Pesan yang disampaikan kepada warga Sirte itu disiarkan lewat sebuah stasiun televisi. “Libia adalah untuk warga Libia dan bukan untuk agenagen, bukan untuk imperialisme, bukan untuk Prancis, bukan untuk Sarkozy, bukan untuk Italia,” tutur Khadafi. “Tripoli untuk kalian dan bukan untuk mereka yang mengandalkan NATO.” “Jangan tinggalkan Tripoli untuk para tikus. Lawan mereka, dan bunuh mereka,” kata

Khadafi dalam pesan suaranya yang disiarkan stasiun televisi satelit, Al-Ouroba, di Suriah. Di sisi lain, Perserikatan Bang sa-Bangsa (PBB) akan mencairkan aset Libia senilai US$1,5 miliar yang sempat dibekukan untuk dana bantuan kemanusiaan yang mendesak. Namun, Afrika Selatan menentang upaya PBB untuk menyalurkan dana US$1,5 miliar itu pada Dewan Transisi Nasional (NTC) sebagaimana diusulkan Amerika Serikat (AS). (AP/ Reuters/Aljazeera/I-3)

Rezim Al-Assad Serang Kartunis TINDAKAN represif pemerintah Suriah tidak hanya pada de monstran yang turun ke jalan-jalan. Mereka juga telah menganiaya seorang kartunis terkenal lantaran membuat kartun yang menggambarkan ekspresi frustrasi rakyat Suriah dalam menuntut perubahan. Ali Ferzat, 60, diseret dan dipukuli sejumlah orang bersenjata sesuai meninggalkan studionya, kemarin. Dia kemudian ditinggalkan di jalan di luar Kota Damaskus. Pemukulan itu membuatnya babak belur dan salah satu tangannya patah. Ferzat merupakan kartunis yang telah mendapat pengakuan internasional. Karya-karyanya pernah membuat marah mantan penguasa Irak Saddam Hussein, pemimpin Libia Moamar Khadafi, dan bulan-bulan terakhir ini keluarga Al-Assad yang telah 42 tahun menjadi penguasa Suriah. Seperti dituturkan Ferzat, orang-orang bersenjata tersebut mengatakan ‘ini hanya peringatan’ setelah menganiayanya. Serangan terhadap Ferzat menunjukkan tidak ada

satu pun warga Suriah yang imun dari kejaran keluarga tersebut. Salah seorang kerabat Ferzat mengatakan para penyerang juga mengancam akan mematahkan tangannya sehingga dia tidak bisa lagi berkarya. Serangan terhadap Ferzat mendapat kecaman dari AS. Melalui juru bicara Kemenlu AS Victoria Nuland, Amerika juga menuntut rezim Al-Assad menghentikan tindakan-tindakan brutal terhadap para penentangnya, khususnya terhadap Ferzat yang juga dikenal sebagai salah seorang aktivis hak asasi manusia. “Bandit-bandit rezim tersebut mengarahkan serangan pada tangan Ferzat, memukulinya dengan kejam sehingga salah satu tangannya patah. Itu pesan yang jelas agar dia berhenti membuat kartun,” ujarnya. Pasukan Al-Assad juga kembali menembak mati delapan demonstran di sejumlah tempat di Suriah. Mereka yang tewas semuanya ditembak saat berdemonstrasi di jalanan. (Hde/ Reuters/AP/I-3)

AP/MARKUS SCHREIBER

CORETAN: Sebuah coretan ‘Free Syria’ tampak di depan kantor rizki@mediaindonesia.com

7

Kedutaan Besar Suriah di Berlin, Jerman, Selasa (23/8).


8

S A B T U , 2 7 AG U S T U S 2 011 ◆

Memaknai Perbedaan sebagai Rahmat Muhammadiyah menyerukan toleransi jika ada perbedaan soal penentuan hari Lebaran tahun ini. SYARIEF OEBAIDILLAH EMUNGKINAN terjadinya perbedaan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1432 Hijriah mesti disikapi secara arif dan penuh toleransi oleh sesama umat dan organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam. “Kepada warga Muhammadiyah di Jakarta dan juga seluruhnya serta kalangan umat Islam lainnya, marilah kita saling menghormati satu sama lain tentang kemungkinan adanya perbedaan Hari Raya 1 Syawal,” kata Ketua Pimpinan Muhammadiyah DKI Jakarta KH Sun’an Miskan tentang penetapan 1 Syawal 1432 H di Kampus Uhamka, Jakarta, kemarin. Ia didampingi Wakil Sekretaris Pimpinan Muhammadiyah DKI Agus Tri dan Wakil Rektor III Uhamka Gunawan Suroputro. Seperti diketahui, pemerintah masih menunggu proses rukyat untuk melihat posisi hilal dalam menentukan awal bulan melalui sidang isbat yang akan digelar Senin (29/8) petang di Kementerian Agama. Wacana yang berkembang saat ini memungkinkan terjadinya perbedaan penetapan 1 Syawal 1432 H. Menurut Sun’an, berdasarkan maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah No 175/ MLM/1.0/E/2011 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan dan Syawal 1432 H, Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal 1432 H ijtimak menjelang Syawal 1432 H terjadi pada Senin Wage 29 Agustus 2011 pukul 10.05 WIB. Tinggi hilal pada saat matahari terbenam di Yogyakarta satu derajat plus di atas 49 menit 57 detik yang menunjukkan hilal sudah wujud (wujudul hilal) dan di seluruh wilayah Indonesia pada saat matahari terbenam hilal sudah berada di atas ufuk. Dengan demikian, pihaknya telah menetapkan 1 Syawal 1432 H jatuh pada Selasa (30/8). Meski demikian, Sun’an menambahkan, penetapan itu bukan bermaksud Muhammadiyah ingin berbeda pemahaman dengan yang lain. “Justru apa yang kami lakukan dengan metode hisab demi masa depan ilmu pengetahuan,” cetusnya. Ia mengemukakan sejumlah dalil hisab dalam Alquran yang termaktub dalam surah Al Baqarah, Yunus, dan Yasin. “Ini bukan pula masalah politik. Namun ke depan, kami ingin ada upaya kebersamaan agar penetapan Ramadan dan Syawal dapat disatukan dengan metode yang mengurangi kemungkinan terjadinya perbedaan,” tambahnya.

K

Selain itu, Agus Tri mengatakan Muhammadiyah memilih kriteria penetapan awal bulan berdasarkan manhaj hisab hakiki wujudul hilal yang didasari sunah dan kaidah usul fikih. “Jadi ini ijtihad kami dengan tetap menghormati saudara kita yang menggunakan metode rukyatulhilal,” cetusnya. Kriteria penetapan awal bulan komariah, lanjutnya, merupakan wilayah ijtihad sehingga bisa berubah kalau ada argumen yang lebih kuat. Pada 2007, Muhammadiyah sebenarnya telah berusaha memprakarsai pertemuan para ahli dari seluruh dunia guna menyatukan penetapan awal bulan dalam kalender Islam, tapi belum mencapai titik temu. Rahmat Terkait dengan kemungkinan perbedaan yang kerap terjadi setiap tahun, Sun’an mengingatkan pemerintah untuk menanggapinya dengan bijak. “Agar adil, pemerintah semestinya memahami dan menampung perbedaan yang mungkin terjadi. Berikan juga waktu libur Lebaran bagi yang menentukan bulannya dengan metode hisab,” tukasnya.

Dalam fikih selalu ada beda pendapat, baik antarmazhab maupun dalam mazhab itu sendiri.” Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Agus Sutarmadi, beberapa waktu lalu, juga mengatakan perbedaan yang terjadi merupakan masalah ikhtilaf dalam wilayah fikih. Dalam fikih selalu ada beda pendapat, baik antarmazhab maupun dalam mazhab itu sendiri. “Maka, setiap tahun akan seperti itu bila posisi hilal tidak sama. Jadi jangan dipertentangkan di antara pendapat yang berbeda,” tegasnya. Perbedaan ini, kata dia, harus dianggap sebagai rahmat. Namun, kita juga harus selalu berusaha untuk belajar mengapa hal itu bisa terjadi. “Di sini umat harus dewasa, karena sangat mungkin terjadinya perbedaan itu. Ulamanya pun harus mengemong umat,” pungkasnya. Ketua MUI KH Ma’ruf Amin juga menyerukan toleransi umat menanggapi kemungkinan adanya perbedaan penentuan Idul Fitri tahun ini. (Hru/H-1) oebay@mediaindonesia.com

Pernik

BERI BANTUAN: Chairman

MI/ADAM DWI

Lippo Group Mochtar Riady (kedua dari kanan) secara simbolis menyerahkan bantuan pendidikan senilai Rp1 miliar kepada Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh, disaksikan Presiden Lippo Group Theo Sambuaga (kanan), saat acara buka puasa bersama di Jakarta, kemarin.

Penjualan Ledre Meningkat

PT Askes Gelar Pos Kesehatan

PERMINTAAN penganan khas Bojonegoro, Jawa Timur, ledre, mengalami peningkatan hampir 100% menjelang Lebaran. Kondisi itu membuat para pedagang menambah stok hingga tiga kali lipat. Wartini, salah satu perajin ledre di Desa Kunci, Kecamatan Padangan, mengungkapkan sejak awal bulan puasa pesanan ledre sebenarnya sudah mulai banyak. Menjelang Idul Fitri jumlah pesanan kian besar karena datang dari luar kota. “Seminggu ini pesanan semakin tinggi,” ungkapnya, kemarin. Menurut dia, biasanya dalam sehari dia membuat lima bungkus ledre dengan isi 20 batang ledre. Namun, sejak awal puasa lalu rata-rata per hari bisa membuat 10-20 bungkus. Ledre adalah makanan khas Bojonegoro yang berbentuk gapit seperti emping gulung dengan berbagai aroma, antara lain nanas, durian, atau cokelat. (YK/H-1)

MENJELANG Hari Raya Idul Fitri 1432 H, PT Askes kembali menggelar kegiatan Posko Askes Peduli Mudik Lebaran 2011. Pada acara kali ini, posko mudik Askes didirikan di tiga pelabuhan penyeberangan, yaitu Pelabuhan Merak, Banten, Pelabuhan Soekarno Hatta, Sulawesi Selatan, dan Pelabuhan Gilimanuk, Bali. “Posko ini memberikan layanan kesehatan gratis bagi seluruh pemudik yang memerlukan pengobatan di pelabuhan penyeberangan kapal laut,” terang Direktur Utama PT Askes I Gede Subawa melalui siaran persnya, kemarin. Layanan gratis itu meliputi konsultasi dan pemeriksaan kesehatan, obat-obatan sesuai kebutuhan, tindakan sederhana yang bersifat darurat, dan rujukan bila diperlukan. Posko bakal dibuka selama delapan hari nonsetop selama 24 jam penuh mulai hari ini. Kegiatan itu terlaksana atas kerja sama PT Askes dan PT Pelabuhan Indonesia. (Tlc/S-3)

MI/M IRFAN

BUKA PUASA NASIONAL DEMOKRAT: Ketua Umum Ormas Nasional Demokrat Surya Paloh (kanan) bersama jajaran pengurus Nasional Demokrat mendengarkan tausiah saat buka puasa bersama di Kantor DPP Ormas Nasional Demokrat, Jakarta, kemarin. Pada acara ini, Ormas Nasional Demokrat juga memberikan santunan kepada anak-anak yatim piatu.

Tafsir Al Mishbah

Hanya Allah SWT yang Patut Disembah SETELAH kelompok ayat pada episode lalu ditutup dengan menegaskan ketinggian dan kesucian Allah SWT dari segala MI/M IRFAN Quraish Shihab sekutu, episode ke-28 Tafsir Al Mishbah di Metro TV dini hari nanti akan membahas ayat 192-196 surah Al-A’raf. Kelompok ayat ini memaparkan bahwa Allah mengecam mereka yang mempersekutukan-Nya sekaligus juga membuktikan betapa kurang dan

lemahnya semua yang mereka jadikan sekutu Allah itu. Ayat ini salah satunya mengisyaratkan bahwa mengambil atau membuat ketetapan hukum yang semata-mata berdasarkan keinginan manusia tertentu (yang tidak sejalan dengan keinginan Allah) bisa menjadi salah satu bentuk kemusyrikan. Ini termasuk bagi mereka yang menyembah berhala dengan segala keyakinannya. Hal tersebut tercantum dalam ayat berikutnya yang memaparkan bahwa berhala itu tidak dapat membantu manusia sama sekali karena tidak mampu sedikit

pun melawan Allah SWT, dan tidak pula menyelamatkan manusia serta mengabulkan permintaan. Intinya bahwa satu-satunya yang layak dan patut disembah hanyalah Allah SWT. Lanjutan kecaman pun tidak berhenti sampai ayat tersebut, tapi masih dibahas di ayat berikutnya. Allah menegaskan bahwa berhala yang disembah itu bahkan memiliki derajat lebih rendah daripada manusia. Karena itu menjadi seorang musyrik bagi mereka yang terus menyembah berhala. Dari segi bentuk dan ciptaan, berhala tidak memiliki anggota badan sesempurna dan sebaik manusia. (*/H-1)

Giliran Kantong TKI Terbesar Kedua Dikunjungi Pasar Murah BNI

P

ASAR murah BNI giliran digelar di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (20/8), menyusul kegiatan serupa yang telah berlangsung di belasan kabupaten dan kota lainnya di Pulau Jawa sejak awal bulan puasa tahun ini. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menyelenggarakan Pasar Murah Rezeki Ramadan 1432 Hijriah dengan membagikan paket sembako murah bagi para keluarga tenaga kerja Indonesia (TKI) nasabah BNI, khususnya yang menggunakan Smart Remittance (layanan kiriman uang). Untuk kegiatan di NTB ini, BNI telah menyediakan 1.000 paket sembako murah yang antara lain berisi gula pasir, minyak goreng, margarin, tepung terigu, susu kental manis, sirup, dan mi instan seharga Rp52.500 per paket dan dijual hanya senilai Rp25.000 per paket. Berdasarkan pantauan Media Indonesia, sekitar 600 orang perwakilan keluarga TKI memadati lokasi pasar murah yang terletak di Jl Sudirman, Kota Praya, Kabupaten Lombok Tengah. Pada waktu yang bersamaan juga berlangsung kegiatan yang sama di Kota Selong, Kabupaten Lombok Timur, dengan alokasi 400 paket. Kepala BNI Cabang Mataram Gandhy Dihardjo mengatakan kegiatan Pasar Murah BNI Rezeki Ramadan 1432 H itu sekaligus menjadi ajang silaturahim dengan para nasabah keluarga TKI yang berada di Kabupaten Lombok Tengah dan Lombok Timur. Apalagi Lombok merupakan salah satu kantong TKI terbesar di Indonesia. Kegiatan yang akan dilakukan setiap tahun ini bertujuan berbagi kebahagiaan kepada keluarga TKI dengan membagi sembako murah tanpa mengurangi kualitas. Event itu juga sebagai bentuk rasa terima kasih serta apresiasi kepada keluarga TKI yang telah memilih dan memercayai BNI sebagai layanan pengiriman uang dari sanak keluarga mereka yang bekerja di luar negeri melalui BNI Smart Remittance. “Ini merupakan wujud tanggung

DOK BNI

PASAR MURAH: Seorang ibu dan anak keluarga TKI ikut meramaikan Pasar Murah Rezeki Ramadan 1432 Hijriah yang berlangsung di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (20/8). jawab dan kepedulian BNI kepada nasabah TKI dan keluarganya yang juga memiliki andil dalam perkembangan bank,” kata Gandhy. Ditambahkannya, dengan kegiatan rutin semacam ini setiap tahun diharapkan dapat meningkatkan brand image layanan kiriman uang BNI dan memberi inspirasi untuk terus menggunakan jasa kiriman uang melalui BNI Smart Remittance sehingga menjadi pilihan utama bagi para TKI. Adapun pengiriman uang dari para TKI yang berasal dari Lombok melalui BNI mencapai 6.000 kiriman per bulan atau sekitar Rp47 miliar. “Untuk BNI Smart Remittance, Lombok hampir menjadi yang tertinggi tingkat pengirimannya di Indonesia setelah salah satu daerah di Jawa Barat,” lanjut Gandhy.

Hanya saja, menurut dia, kebanyakan dari kiriman uang tersebut begitu datang langsung ditarik pihak keluarga untuk berbagai keperluan di antaranya untuk membeli atau menebus sawah yang sempat digadai, membangun atau merenovasi rumah, membiayai sekolah keluarga, dan membeli sepeda motor. Sebagaimana diketahui, jumlah TKI NTB yang bekerja di luar negeri pada 2011 mencapai 56.160 orang. Mereka antara lain bekerja di Timur Tengah, yakni di Arab Saudi sebanyak 15.666 orang (27,90%), Uni Emirat Arab (UEA) 653 orang, Oman 359 orang, Qatar 1.162 orang, Yordania 243, dan Malaysia Timur 178 orang. Yang paling banyak bekerja di perkebunan kelapa sawit Malaysia sekitar 38.139 orang (67,92%). (YR/H-25)


O LAHRAGA

SABTU, 27 AGUSTUS 2011

9

SEKILAS GELANGGANG Oliver Yakin Juara di Daegu

Messi Pemain Terbaik Eropa

SIKAP penuh percaya diri diperlihatkan pemegang medali perunggu Olimpiade Beijing 2008 nomor lari 110 gawang putra David Oliver. Atlet Amerika Serikat itu membidik emas Kejuaraan Dunia Atletik di Daegu, Korea Selatan, awal pekan depan. ‘’Target saya jelas, yaitu meraih medali emas, sedangkan untuk rekor dunia itu anggap saja bonus,’’ ujar Oliver di Daegu, kemarin. Ia menjadi atlet yang diunggulkan untuk merebut emas dalam ajang ini. Namun, ambisi itu bakal menemui banyak sandungan karena sejumlah nama seperti pemegang rekor dunia Dayron Robles (Kuba) dan wakil China Liu Xiang berada dalam kondisi yang bagus. Rekor dunia nomor ini masih menjadi milik Robles yang mencatat waktu 12,87 detik. (Rtr/AP/Eko/R-3)

KEHEBATAN Lionel Messi sebagai pesepak bola kembali mendapat pengakuan. Kemarin dini hari, pemain asal Argentina itu dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Eropa. Hebatnya lagi, ia berhasil menyisihkan para pesaingnya, termasuk striker Real Madrid Cristiano Ronaldo dan rekan setimnya di Barcelona Xavi Hernandez. ‘’Saya merasa terhormat bisa memenangi penghargaan ini dan saya ingin mengucapkan terima kasih untuk rekan-rekan setim saya. Kami semua ingin memenangi lebih banyak trofi lagi. Itulah yang membuat kami terus memacu diri,’’ cetus Messi. Sebagai gambaran, musim lalu Messi mencetak 53 gol di semua kompetisi. Selain itu, ia membantu Barcelona menjuarai Liga Spanyol dan Liga Champion. (AP/ Rtr/Mln/R-3)

Waktunya Wozniacki Buktikan Diri CAROLINE Wozniacki harus membuktikan dirinya pantas menjadi pemain nomor satu dunia. Caranya, dengan menjuarai turnamen New Haven sebagai pemanasan menuju US Open. Dalam perempat final di Connecticut Tennis Center, Amerika Serikat, kemarin, petenis Denmark ini menyingkirkan wakil tuan rumah Christian McHale 7-5, 6-3. Semifinalis lainnya adalah unggulan tiga Francesca Schiavone (Italia) yang menang WO (walkover) atas Anabel Medina Garrigues (Spanyol) yang mengalami cedera lutut. Sebelumnya unggulan dua Li Na (China) menundukkan unggulan delapan Anastasia Pavlyuchenkova (Rusia) 6-4, 3-6, 6-2, dan Petra Cetkovska (Rep Ceko) membungkam unggulan empat Marion Bartoli (Prancis) 7-5, 7-5. (AP/Rtr/Eko/R-3)

REUTERS REUTERS/ALESSANDRO BIANCHI

PESTA KEMENANGAN: Para pemain Slovan Bratislava merayakan keberhasilan mereka lolos ke babak penyisihan grup Liga Europa dengan beramai-ramai mengangkat pelatih mereka Weiss Vladimir. Slovan maju ke fase grup setelah menang agregat 2-1 atas AS Roma di play-off Liga Europa.

Roma Berduka Lazio Berpesta

Pertamina Amankan Pasokan BBM Jelang Lebaran

Inggris meloloskan semua timnya ke babak penyisihan grup Liga Europa, sedangkan Italia hanya mampu meloloskan satu tim. ACHMAD MAULANA

M

ASUKNYA investor baru asal Amerika Serikat ternyata tidak berbanding lurus dengan prestasi yang ditorehkan AS Roma. Klub asal ibu kota Italia itu harus mengalami kenyataan pahit, gagal maju ke babak penyisihan grup Liga Europa. Ironisnya, kegagalan tim berlambang serigala hitam itu terjadi di kandang sendiri. Pada pertandingan leg kedua play-off Liga Europa di Stadion Olimpico, Roma, Italia, kemarin dini hari, I Lupi--julukan AS Roma--hanya mampu bermain imbang 1-1 dengan klub Slovakia, Slovan Bratislava. Akibatnya, mereka kalah agregat 1-2 lantaran di leg pertama kalah 0-1. Dalam laga tersebut Giallorossi--julukan lain AS Roma-sebenarnya unggul lebih dulu lewat gol Simone Perotta di awal babak pertama. Namun gol Peter Stepanovsky 8 menit menjelang bubaran menghancurkan harapan segenap pendukung tuan rumah. Hasil itu cukup ironis, mengingat Roma baru saja mendapat investor baru dari Amerika Serikat. Ditambah lagi, hasil yang mereka dapat bertolak belakang dengan klub asal ibu kota Italia lainnya, Lazio. Dalam pertandingan lain yang berlangsung di Stadion Philip II Arena, Lazio kembali menang telak. Kali ini Biancocelesti menang 3-1. Dengan demikian tim racikan Edoardo Reja itu menang

AP

Saya memang sengaja menurunkan banyak pemain, kecuali jika saya memang menginginkan kemenangan.� Harry Redknapp Pelatih Tottenham Hotspurs agregat 9-1. Dalam laga kandang tersebut, tiga gol kemenangan Lazio dicetak Tommaso Rocchi menit ke-23 dan 77 dan Hernandez menit ke-73. Gol balasan Rabotnicki dicetak Dimitrija Lazareveski menit ke-39. Roma tidak sendirian. Salah satu klub elite Spanyol, Sevilla, juga mengalami tragedi serupa, gagal lolos ke fase grup. Sevilla kalah agregat 2-3 dari wakil Jerman Hanover setelah di leg kedua di kandang sendiri hanya mampu bermain imbang 1-1. Inggris sukses Sementara itu, tiga klub Liga Primer Inggris yakni Fulham, Birmingham City, dan Tottenham Hotspur melangkah ke babak fase grup Liga Europa dengan meraih hasil berbeda. Dalam pertandingan leg kedua yang dilangsungkan di

White Hart Lane, Spurs cuma bisa bermain imbang tanpa gol saat menjamu Hearts. Meski begitu, the Lilywhites tetap berhak lolos ke fase grup berkat kemenangan 5-0 pada laga pertama pekan lalu. ‘’Para pemain muda kami tampil bagus. Ini kemajuan besar buat mereka. Saya memang sengaja menurunkan banyak pemain, kecuali jika saya memang menginginkan kemenang an,’’ cetus pelatih Tottenham Hotspurs, Harry Redknapp, selepas pertandingan. Tim yang juga lolos ke babak berikutnya adalah Fulham, meski beberapa saat lalu kalah 0-1 saat bertandang ke Dnipro D’petrovsk. The Cottagers menang agregat 3-1 setelah pada laga perdana di kandang sendiri mengungguli wakil Ukraina itu dengan 3-0. Wakil Inggris lain yang masih melanjutkan kiprah di ajang ini adalah Birmingham City setelah menang 3-0 atas Nacional. Sebelumnya pada pertemuan pertama, kedua tim bermain sama kuat 0-0. Pada laga lainnya di Belanda, PSV Eindhoven mencukur Ried dengan skor 5-0. PSV menang agregat dengan skor yang sama setelah pada leg pertama kedua tim bermain imbang 0-0. Atletico Madrid juga memetik kemenangan telak. Mereka mempermalukan Vitoria Guimaraes dengan skor 4-0. Los Rojiblancos secara agregat meng ungguli lawannya yang asal Portugal itu dengan kedudukan 6-0. (AP/Rtr/R-4) maulana@mediaindonesia.com

MI/PANCA SYURKANI

BBM: Sejumlah kendaraan mengisi bahan bakar di SPBU di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (13/8). Pemerintah menetapkan harga BBM subsidi tetap atau tidak berubah untuk periode 15 Agustus 2011 dengan harga jual untuk bensin premium Rp4.500 per liter, minyak solar Rp4.500 per liter, dan minyak tanah sekitar Rp2.500 per liter.

U

ntuk mengamankan kebutuhan masyarakat menghadapi Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1432 H/2011, PT Pertamina (Persero) menjaga ketersediaan stok BBM subsidi (Premium, Minyak Tanah dan Solar) dalam keadaan aman. Pertamina menyiapkan 72.000 KL Premium per hari. Mulai H-3, Pertamina menambah pasokan sampai dengan 98.000 KL per hari. Penambahan pasokan ini untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan premium sehubungan dengan adanya arus mudik. Pertamina bekerja sama dengan pengelola/pemilik SPBU agar tidak terjadi kekurangan di lapangan dengan meminta para pengelola/pemilik SPBU untuk menjaga ketahanan stok di SPBU masing-masing minimal dua hari. Pengelola/pemilik SPBU bertanggung jawab untuk meminta pengisian stok dari Pertamina dengan mengantisipasi waktu minimal ketahanan stok tersebut. Disamping menyiap-

kan stok, Pertamina juga melakukan pemantauan atas pendistribusian terutama di jalur mudik. SPBU di jalur mudik beroperasi penuh 24 Jam, mulai H-10 s.d H+10 sepanjang Jalur Pantura, Jalur Selatan, Jalur Tengah, Banyuwangi arah penyeberangan ke Bali, arah Merak menuju Sumatera. Berbagai tindakan yang dilakukan Pertamina untuk memastikan tersedianya BBM di SPBU diataranya : menyiapkan SPBU setempat untuk kantong-kantong BBM Premium (47 titik lokasi SPBU), switching tangki pendam di SPBU dari Solar ke Premium/Pertamax (24 titik lokasi SPBU), melakukan pengaturan pembedaan jalur pelayanan antara motor dan mobil serta menyediakan pelayanan SPBU Transit khusus sepeda motor (141 titik lokasi SPBU), menambah Mobil Tangki atau switching Mobil Tangki (Solar ke Premium). SPBU Transit Sepeda Motor adalah SPBU yang memisahkan jalur khusus untuk pengisian Sepeda Motor. SPBU Kantong adalah SPBU

yang ditunjuk selama kegiatan SATGAS sebagai tempat mobil tangki berisi BBM yang akan dikirimkan ke SPBU Stok Kritis di area terdekat untuk mengantisipasi hambatan distribusi akibat kemacetan lalu lintas. Pertamina juga menyediakan Posko Mudik Enduro sebagai tempat beristirahat dan menyediakan layanan free tajil, pijat tradisional, medis ringan, games, doorpizes dan ganti oli gratis di masjidmasjid seputar jalur mudik dan di samping itu, Pertamina menyediakan 6 buah SPBU di jalur mudik sebagai CafĂŠ Mudik Pertamax. Untuk memeriahkan suasana lebaran, Pertamina mengadakan berbagai promosi seperti program pemberian kupon hadiah yang dapat di tukarkan di CafĂŠ

Mudik Pertamax. Konsumen yang membeli Pertamax/ Pertamax Plus/Pertamina Dex senilai Rp200.000 di 75 SPBU terpilih akan mendapatkan peta mudik yang di dalamnya terdapat kupon tersebut. Pengguna produk oli Enduro juga dapat membeli Paket Mudik Ketupat Enduro yang terdiri dari paket oli Enduro 1 L dan berbagai merchandise menarik dari co sponsor (Starter pack GSM+Pulsa, Joytea 500ml, TShirt, Merchandise Axis, Merchandise Joytea, Peta Mudik, Tas Serba Guna dan Voucher) seharga Rp35.000,-. Paket Mudik Ketupat Enduro tersedia di bengkel Enduro Jabodetabek/bengkel umum/Modern Market/atau di toko bertanda khusus. (S-25)

UPAYA PENGAMANAN PASOK BBM Keamanan Stok BBM (Stock Build Up) melalui optimasi kilang dan impor. Menyiapkan SPBU setempat untuk kantong-kantong BBM Premium (47 titik lokasi SPBU), terdiri dari: t LBOUPOH##.EJ#BOUFOEBO+BXB#BSBU t LBOUPOH##.EJ+BXB5FOHBI t LBOUPOH##.EJ+BXB5JNVS t LBOUPOH##.EJ-BNQVOH t LBOUPOH##.EJ4VNBUFSB4FMBUBO t LBOUPOH##.EJ4VNBUFSB6UBSB t LBOUPOH##.EJ4VNBUFSB#BSBU Switching tangki pendam di SPBU dari Solar ke Premium / Pertamax (24 titik lokasi SPBU), terdiri dari : t 41#6EJ+BXB#BSBU t 41#6EJ+BXB5FOHBI Melakukan pengaturan pembedaan jalur pelayanan antara motor dan mobil serta NFOZFEJBLBOQFMBZBOBO41#65SBOTJULIVTVTTFQFEBNPUPS UJUJLMPLBTJ41#6

t 41#6USBOTJUEJ+BXB#BSBUEBO#BOUFO t 41#6USBOTJUEJ+BXB5FOHBI t 41#6USBOTJUEJ+BXB5JNVS 1FOBNCBIBO.PCJM5BOHLJBUBVSwitching.PCJM5BOHLJ 4PMBSLF1SFNJVN

1FNCFOUVLBO1PTLP4BUHBT##.EJTFMVSVI8JMBZBI3FHJPO,BOUPS1VTBU1FSUBNJOB 41#6CFSPQFSBTJQFOVI+BNLIVTVTOZBEJKBMVSNVEJLEBOCBMJLNVMBJ)TE)  TFQBOKBOH+BMVS1BOUVSB 4FMBUBO BSBI.FSBLEBO-BNQVOH SPBU Transit Sepeda MotorBEBMBI41#6ZBOHNFNJTBILBOKBMVSLIVTVTVOUVLQFOHJTJBO Sepeda Motor SPBU KantongBEBMBI41#6ZBOHEJUVOKVLTFMBNBLFHJBUBO4"5("4TFCBHBJUFNQBUNPCJM tangki berisi BBM yang akan dikirimkan ke SPBU Stok Kritis di area terdekat untuk mengantisiQBTJIBNCBUBOEJTUSJCVTJBLJCBULFNBDFUBOMBMVMJOUBT


H OME & LIVING

RASIO DAN IMAN DALAM RENGKUHAN AGAMA Ihwal menyangkut agama ada di antara tegangan dua kutub, yang rasional dan transenden. Jendela Buku, Hlm 14

| SABTU, 27 AGUSTUS 2011 | HALAMAN 11

Menata Ruang Ibadah di Rumah Rencanakan kebutuhan ruang dengan cermat saat mendesain rumah. Beberapa ruang sering kali terlewatkan, salah satunya ruang salat alias ruang ibadah. WENDY MEHARI UTAMI

D

ULU, sebelum Mira Ayu, 32, menikah lima tahun silam, ada sebuah ruang salat atau musala di bagian belakang rumah orangtuanya di bilangan Pondok Pinang, Jakarta Selatan. Musala itu berdiri sendiri, terpisah dari bangunan utama, dengan kapasitas sekitar 5-6 orang. Sisi depan musala dibatasi kolam air berisi ikan. “Musala yang dulu itu sekarang sudah jadi rumah gue,” tutur Mira kepada Media Indonesia, Selasa (23/8). Saat ia menikah kemudian memiliki anak, orangtuanya sepakat mengalihfungsikan bangunan musala tersebut menjadi rumah tinggal Mira beserta suami dan anak laki-lakinya. “Sekarang musala tetap ada di rumah depan (bangunan rumah utama), tapi kecil banget, ukurannya 2x3 meter, pas untuk dua orang,” tutur tenant commercial relations di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta itu. Ruang yang sekarang dijadikan musala itu, kata Mira, merupakan sebuah ruang di salah satu pojok rumah. “Seperti (ruang) sisa, bentuknya tidak simetris sehingga tidak bisa difungsikan seperti kamar,” tambahnya. Untuk memberi identitas sebagai musala, ruang pun didekorasi dengan lukisan kaligrafi. “Sederhana bangetlah. Cuma ada lukisan kaligrafi dan gantungan peci serta mukena, tapi nyaman buat salat,” kata Mira lagi. Ia mengaku berencana membangun musala baru. “Yang lebih proper, lebih musala bangetlah gitu,” ucapnya.

Ciptakan Suasana yang Mendukung Ibadah

MI/ROMMY PUJIANTO

Ruang bertema timur tengah di Rumah Maroko, Jakarta, bisa diterapkan untuk menghidupkan nuansa Islam yang identik dengan ruang salat.

Dia lalu merujuk beberapa foto ruang musala yang ditampilkan dalam majalah, yang dirancang seperti gazebo di luar ruang. “Pengennya punya musala yang di luaran kayak gazebo gitu, adem, nyaman,” tambah perempuan yang pernah bermukim di Jepang itu.

Musala setengah outdoor di ujung selasar.

ANTARA/REGINA SAFRI

Motif dan warna sajadah bisa dipertimbangkan dalam menata musala.

Lahan terbatas Musala sebenarnya juga masuk program ruang yang direncanakan Ishom Subhan, 32, saat merancang rumah tinggalnya di bilangan Pejaten, Jakarta Selatan. “Ada tempat salat, tapi hanya untuk satu orang. Gue memanfaatkan ruang di bawah tangga yang memang dimaksudkan sebagai tempat salat,” tutur ayah dua anak itu. Kiat tersebut dipilihnya dengan alasan denah rumah untuk lantai satu tidak lagi memungkinkan adanya ruang tambahan. Padahal Ishom ingin agar lantai dua rumahnya bisa dipakai untuk fungsi-fungsi privasi saja seperti kamar tidur. Nyatanya Ishom mengaku nyaman-nyaman saja dengan ruang salat yang terkesan ‘meMI/SUMARYANTO

Musala outdoor di samping kolam renang.

nyempil’ itu. “Insya Allah nyaman, kan memang dimaksudkan untuk itu (tempat salat),” tutur karyawan sebuah perusahaan swasta yang berdinas di Lampung itu. Kebutuhan ruang khusus untuk salat ini, dituturkan arsitek Anggoro Wahyudianto, memang sering kali terbentur oleh keterbatasan luas tanah dan rumah yang dibangun sehingga kebutuhan itu kerap terabaikan. “Untuk rumah-rumah yang berukuran cukup besar, cukup mudah untuk menyediakan ruangan khusus untuk musala, tetapi untuk rumah-rumah yang kecil dapat disiasati dengan memanfaatkan ruangan lain,” tutur Yudi, begitu arsitek dari Distudio Architecture itu biasa disapa. Musala juga tidak harus dibentuk dengan membuat dinding permanen, tetapi bisa memanfaatkan sekat atau partisi yang sifatnya tidak permanen sehingga tidak mengakibatkan ruangan menjadi terasa sempit. Menurut Yudi, tidak ada ukuran standar minimal ruang untuk musala di rumah. “Yang perlu diperhatikan adalah kebutuhan untuk penghuni yang akan menggunakannya. Tidak harus besar tetapi yang terpenting harus nyaman dan mendukung untuk melaksanakan ibadahnya,” kata dia, Selasa (23/8). Yudi memberi contoh, ukuran musala 3x3 meter untuk penghuni rumah yang terdiri dari suami, istri, dan dua anak akan menjadikan banyak ruang terbuang. Menurutnya, sebuah ruang musala pun perlu dilengkapi perabot lemari atau rak untuk menyimpan kebutuhan salat seperti sarung, mukena, sajadah, tasbih, juga Alquran dan buku-buku yang menunjang ibadah. Yudi juga menyarankan, posisi musala yang ideal pada rumah di Indonesia ialah bagian barat hingga utara, berkaitan dengan arah kiblat. “Walaupun ini bukan keharusan. Dengan penempatan di area barat-utara rumah, diharapkan tidak ada ruang atau aktivitas lain di rumah yang berada di depan orang yang sedang salat sehingga mengganggu konsentrasi,” tambahnya. Di mana pun posisi musala, menurut Yudi, faktor yang perlu diperhatikan ialah posisi yang bisa membuat penghuni rumah dapat menjalankan ibadah dengan nyaman dan khusyuk. (M-1) miweekend@mediaindonesia.com

MI/RAMDANI

UNTUK rumah yang memiliki lahan cukup luas, musala juga dapat dibuat setengah outdoor atau menjadi bagian dari taman. Seperti yang dikreasikan arsitek Adi Wibowo untuk rumah tinggal di bilangan Bekasi, Jawa Barat, dan satu lagi di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan. Untuk rumah di Bekasi yang diberi nama House of Kayla, musala ditempatkan di area halaman belakang berdampingan dengan kolam renang dan dikelilingi tanaman. Adapun untuk rumah di kawasan Pancoran, musala juga ditempatkan di ujung lorong berlantai dek kayu yang terletak di sisi rumah, tanpa dinding pada satu sisinya. Dengan nuansa serupa, keduanya dibangun terbuka, lengkap dengan aliran air yang mencipta suasana alami, sesuai dengan konsep tropis yang diterapkannya pada bangunan rumah. Dalam hal yang sama, arsitek Anggoro Wahyudianto menuturkan, desain ruang musala sebaiknya diselaraskan dengan style rumah secara keseluruhan. “(Hal itu) Untuk memberi kesan ruang musala adalah bagian dari rumah,” ujarnya, Wahyudianto Selasa (23/8). Sebagai dekorasi, Yudi pun berbagi gagasan, musala dapat dilengkapi elemen-elemen yang bersifat islami seperti kaligrafi. Tujuannya membantu menciptakan suasana yang mendukung ibadah penghuni. Dari segi material bangunan, lanjutnya, tidak ada sesuatu yang khusus untuk menyempurnakan desain musala di rumah. “Namun perlu diperhatikan pemilihan tone warna finishing material, sebaiknya yang bertema soft tone, bukan warna-warna tajam,” sarannya. Pasalnya, suasana ruang yang soft akan memberikan suasana tenang dan sejuk sehingga menunjang kegiatan ibadah. (Wey/M-1)

Suasana ruang yang soft akan memberikan suasana tenang dan sejuk sehingga menunjang kegiatan ibadah.” Anggoro Arsitek


12

T ECHNOPOLIS Listrik Hemat Kantong Sehat

SABTU, 27 AGUSTUS 2011

Punya banyak perangkat elektronik di rumah tidak mesti boros listrik. Sekarang saatnya beralih pada teknologi baru dengan harga hemat dan watt kecil. CHRISTINE FRANCISKA

P

ENGGUNAAN layar LED backlight pada televisi layar datar berkontribusi besar pada penghematan listrik. LED terbukti dapat mengurangi konsumsi listrik sebanyak 20% hingga 50% jika dibandingkan TV tabung dan TV plasma. Namun, harganya yang relatif mahal menjadi kendala yang membuat pengguna merasa enggan mengganti televisi mereka. Kini, beberapa vendor menawarkan berbagai televisi yang ramah lingkungan nan murah. Salah satunya Toshiba yang meluncurkan produk Regza Junior Power TV HV10 yang ditujukan bagi pengguna yang mau beralih dari TV tabung. “Di Indonesia, 70%-80% rumah tangga masih menggunakan TV tabung. Padahal selain boros listrik, TV tabung juga memakan banyak tempat,” kata Fransisca Maya, Marketing Manager PT Toshiba Visual Media Network Indonesia. Junior Power TV atau dikenal dengan seri HV10 memiliki tiga ukuran praktis, yaitu 19, 24, dan 32 inci. Untuk harga, TV 19 inci dibanderol Rp1,229 juta, ukuran 24 inci dengan Rp1,799 juta, dan 32 inci dengan Rp2,899 juta. “Harganya memang pas jika melihat mayoritas orang Indonesia yang tidak punya daya beli tinggi. Untuk masalah daya, TV 19 inci wattnya hanya 22 watt, sama dengan lampu hemat energi yang ada di rumah-rumah,” lanjut Fransisca. Dari sisi kualitas, televisi ini memiliki tambahan fitur seperti Meta Brain Pro dengan 8 bit video processing untuk menghasilkan reproduksi gambar lebih realistis, gradasi halus, dan intensitas warna yang lebih hidup. Pilihan lain, ada seri

DOK TOSHIBA

• Junior Power TV

REUTERS/STEVE MARCUS

HEMAT: Pameran International Consumer Electronics Show di Las Vegas, Amerika Serikat, belum lama ini. Produsen elektronik kini bukan hanya melempar peranti yang semakin canggih, melainkan juga berlomba-lomba menawarkan teknologi hemat energi. AL 10 berukuran 32 dan 40 inci. Bedanya, televisi ini dibuat lebih advanced dengan penambahan fitur 3D colour management untuk mengatur tingkat warna sesuai keinginan, PC input, dan HDMI. Penggunaan energi hanya memerlukan 80 watt dan 105 watt, tergolong lebih rendah jika dibandingkan dengan TV sejenis yang mengonsumsi hingga 160 watt. Fransisca menambahkan, 80% rumah tangga di Indonesia saat ini masih memiliki setelan listrik di bawah 2.200 watt, sehingga perangkat yang hemat energi memang sangat dibutuhkan. Pendingin udara Selain televisi, pendingin udara atau AC juga memiliki kontribusi besar pada konsumsi listrik di rumah. Untuk memilih AC hemat energi, ada dua teknologi yang bisa dipilih, yaitu low watt AC dan AC inverter. Perbedaan mendasar di antara keduanya ialah cara kerja penghematan. AC inverter menghemat listrik dengan kompresor yang bekerja fluktuatif menyesuaikan beban ruangan. Ketika dinya-

Di Indonesia, 70%-80% rumah tangga masih menggunakan TV tabung. Padahal selain boros listrik, TV tabung juga memakan banyak tempat.” Fransisca Maya Marketing Manager PT Toshiba Visual Media Network Indonesia lakan atau disetel dalam suhu tertentu, AC inverter akan menyedot watt yang tinggi. Namun, ketika sudah mencapai suhu yang diinginkan, kompresor akan bekerja seminimal mungkin sehingga konsumsi listrik menjadi jauh lebih rendah. Adapun low watt AC memiliki konsumsi listrik yang konstan tapi lebih rendah ketimbang AC konvensional pada umumnya. Secara umum, dua teknologi itu sama-sama bisa menghemat listrik. Teknologi low watt AC lebih cocok digu-

nakan untuk rumah dengan daya listrik terbatas. Misalnya rumah berdaya listrik 1.300 watt masih bisa menggunakan AC low wattage 1 PK yang hanya membutuhkan 650 watt. Adapun teknologi AC inverter diperuntukkan rumah-rumah yang memiliki daya listrik yang lebih besar. Pasalnya, tarikan daya listrik pada awal pengoperasiannya cukup tinggi. Selain daya listrik yang rendah, beberapa fitur bisa juga menjadi bahan pertimbangan. AC terminator inverter, misalnya, menawarkan kemampuan mengusir nyamuk dengan gelombang ultrasonik berkekuatan 10 kHz hingga 100 kHz. Perangkat itu juga memberikan tiga tipe filter untuk menyaring debu dan jamur, menonaktifkan virus berbahaya, serta menghilangkan debu mikroskopis, bulu binatang, dan serbuk sari. “Gelombang ultrasonik ini akan mengganggu fungsi antena pada nyamuk sehingga perlahan nyamuk akan mati. Dari penelitian, AC ini setidaknya bisa membunuh 74% nyamuk dalam ruangan,” jelas David Tjokro, Marketing Director

PT LG Electronics Indonesia. Untuk kapasitas 1 PK, AC ini beroperasi dengan listrik 200-800 watt. Adapun untuk 1,5 PK, kebutuhan berkisar 200-1.000 watt. Watt tertinggi beroperasi pada awal pengaktifan dan watt terendah bekerja ketika suhu ruangan stabil. Selain dapat mendinginkan ruangan 15% lebih cepat, AC terminator inverter juga diklaim 60% lebih hemat energi jika dibandingkan dengan AC konvensional yang ada di pasaran. AC ini dipasarkan dengan harga Rp3,7 juta untuk 1 PK dan Rp4,6 juta untuk 1,5 PK. Pertengahan tahun ini Sharp menghadirkan low watt AC Sayonara Panas V dalam seri MHL dan seri MSL. Untuk pendingin udara berkapasitas 0,5 PK, AC ini konstan mengonsumsi listrik 330 watt saja, 0,75 PK butuh 540 watt, 1 PK dengan 690 watt, dan 1,5 PK dengan 970 watt. Sayonara Panas V juga dilengkapi Plasmacluster untuk menonaktifkan bakteri, jamur, penyebab alergi, juga bau hewan peliharaan ataupun bau rokok. (M-3) miweekend@mediaindonesia.com

NEW PRODUCT

Komputer Berlayar 3D FITUR tiga dimensi tidak lagi hanya bisa dinikmati pada televisi berlayar besar. Bagi pecinta gim online, efek nyata tersebut sudah bisa dinikmati pada monitor komputer 23 inci. Jumat (19/8) lalu, LG meluncurkan Cinema 3D Monitor seri LG D2342P yang menerapkan teknologi film patterned retarder (FPR). Product Manager of Monitor LG Electronics Susanto mengatakan, dengan teknologi tersebut, pengguna akan lebih nyaman menikmati konten 3D karena bebas kedipan dan layar yang lebih cerah. Jika dibandingkan dengan teknologi 3D shutter glass, FPR memungkinkan pengguna menggunakan kacamata yang lebih

ringan dan murah. Kacamata 3D tersebut hanya memiliki berat 16 gram, tiga kali lebih ringan jika dibandingkan dengan kacamata 3D berteknologi shutter glass. Monitor juga dilengkapi dengan 2D to 3D conversion dan sambungan HDMI sehingga dapat dihubungkan dengan perangkat gim seperti game console atau 3D Blu-ray player. Sayangnya, monitor ini hanya tersedia dalam ukuran 23 inci. LG belum berencana untuk mengeluarkan seri selanjutnya

Data Aman dalam USB

DOK LG

dengan layar yang lebih besar. “Menurut kami, ukuran ini yang paling pas untuk bermain gim komputer. Kalau terlalu besar, pengguna justru akan kesulitan,” kata Susanto. Cinema 3D Monitor dibanderol dengan harga Rp3,45 juta. (CE/M-3)

KERAHASIAAN data tentu sangat penting bagi para pebisnis. Agar informasi tidak mudah dicuri, tak ada salahnya melengkapi gadget Anda dengan produk yang mengutamakan keamanan. Salah satunya Sandisk Ultra CZ45 USB flash drive yang telah dilengkapi peranti lunak Secureacces sehingga pengguna dapat menyimpan file dalam folder terenkripsi dengan memasukkan kata kunci tertentu. Software itu juga mencakup penyimpanan backup online 2 GB yang aman sehingga Anda bisa kembali mengakses data-data ketika USB hilang atau dicuri. Ada juga fitur secure partition yang memungkinkan pengguna menentukan file mana yang sifatnya privat ketika berbagi USB drive dengan rekan atau teman.

Lebih Cepat dengan Blackberry 7 MENYUSUL kesuksesan sistem operasi Blackberry 6 dengan performa yang cepat, Research In Motion (RIM) baru-baru ini memperkenalkan sistem operasi Blackberry 7 dalam tiga tipe ponsel terbaru, yaitu Bold 9900, Torch 9850, dan Torch 9810. Sistem operasi seri ketujuh ini diklaim memiliki kemampuan web browsing yang lebih halus dan 40% lebih cepat ketimbang seri 6. Seri 7 ini bahkan lebih cepat 100% daripada seri 5, sehingga memudahkan pengguna berselancar di dunia maya. Sistem operasi Blackberry 7 juga telah mengoptimalkan fungsi zooming dan panning untuk navigasi web lebih lancar, serta mendukung performa HTML 5 yang lebih

DOK SANDISK

optimal untuk pengalaman video dan gaming yang lebih baik. Ada juga beberapa aplikasi pre-installed yang disiapkan dalam sistem operasi terbaru ini, termasuk Document To Go versi premium, Blackberry Balance, dan universal search dengan dukungan pencarian, dan aktivasi suara. Dengan universal search, pengguna tinggal berbicara untuk memulai pencarian data pada perangkat dan jejaring maya. Namun, sistem operasi Blackberry 7 belum bisa dipakai pengguna Blackberry lain. “Untuk hal ini kami belum bisa memutuskannya,” kata Hastings Singh, Wakil Presiden RIM wilayah Asia Selatan. (CE/M-3) DOK BLACKBERRY

“Faktor keamanan harus diutamakan bagi para pebisnis. Di bandara AS (Amerika Serikat), misalnya, terdapat lebih dari 12 ribu laptop yang hilang setiap minggu, dan lebih dari setengahnya berisi informasi rahasia atau sensitif. Kini keamanan data telah menjadi kebutuhan mutlak,” jelas Kent Perry, Direktur Pemasaran Sandisk. Selain keamanan, Sandisk Ultra CZ45 juga memberikan kecepatan transfer yang lebih tinggi hingga 15 megabita per detik. USB ini tersedia sejak bulan Agustus 2011 di PT Astrindo Senayasa, distributor resmi Sandisk di Indonesia, dengan beragam pilihan kapasitas dari 8 GB, 16 GB, dan 32 GB. Kisaran harga ritel dimulai dari Rp110 rb dengan masa garansi 5 tahun. (CE/M-3)


F ILM

SABTU, 27 AGUSTUS 2011

SETELAH mendengar judulnya, Kejarlah Jodoh Kau Kutangkap atau disingkat KJKK, film ini mengingatkan kita akan sebuah film yang sempat populer pada era 80-an, yakni Kejarlah Daku Kau Kutangkap yang dibintangi aktris Lydia Kandou. Film yang akan tayang di hari Lebaran itu memang diyakini mampu mendulang kesuksesan yang sama. HM Firman Bintang, sang produser dari BIC Production, mengaku ceritanya sendiri sudah dibeli setahun yang lalu. “Tapi karena belum ketemu sutradara yang cocok, tertunda. Baru sekarang kami produksi, karena kami optimistis di tangan Indrayanto Kurniawan sebagai sutradara, film ini akan bisa diterima masyarakat penonton,” ungkapnya. Indrayanto sendiri

Komedi Cinta dalam Film KJKK sebelumnya pernah mendulang kesuksesan lewat film Saus Kacang yang dibintangi aktris sekaligus penyanyi Bunga Citra Lestari. Bagi BIC Production, variasi tema film yang akan diproduksi merupakan keharusan. “Semua cerita itu tetap dalam koridor dan pakem dari BIC Production, harus bisa menghibur dan berkomunikasi dengan penonton. Film tidak bisa lepas dari hiburan. Tentu dengan tetap menyisipkan pesan-pesan edukatif. Kerennya, film harus bisa sebagai tontonan dan tuntunan bagi yang menonton,” kata Firman yang mengaku di film KJKK ada muatan budaya lokal yaitu kultur Jawa Barat. Film berdurasi 95 menit itu

DOK BIC

KOMEDI SITUASI: Adegan dalam film Kejarlah Jodoh Kau Kutangkap yang dibalut dalam komedi situasi. Film ini diyakini bakal sukses bersaing dengan film lain.

Nonton Film Bioskop di Layar Televisi

sebagai daya tarik sekaligus pemeran utama. Walaupun Andhika Pratama yang memerankan Asep bukan seorang komedian, Firman yakin An dhika akan mampu memainkan peran itu dengan maksimal. “Film ini merupakan pembuktian bahwa Andhika adalah seorang aktor. Saya sudah la ma mengamati dia. Namun baru di film KJKK saya merasa pas dan cocok untuk dipasangkan dengan Donita yang sukses membintangi sinetron Cinta Fitri. Apalagi dari segi cerita dan penulisan skenario sudah sangat kuat,” tambah Firman, yang merasa optimistis film kedelapannya itu akan sukses. Cerita dan skenario film itu digarap Benni Setiawan, peraih Piala Citra Festival Film Indonesia 2010. (Eri/M-3)

Dua Proyek Baru Garin PESAN multikulturalisme masih menarik bahkan dipandang sutradara Garin Nugroho sebagai tema film yang semakin memukau. Tahun ini Garin akan kembali menggarap dua film, Mata Tertutup dan Soegijapranata. Film Mata tertutup direncanakan diputar pada Oktober mendatang. Film yang diprakarsai Maarif Institute dan Yayasan Sains Estetika Teknologi itu, menurut Garin, akan mengangkat kisah nyata dari lembaran hidup memilukan para generasi muda Indonesia saat ini. Perpaduan ketidakharmonisan keluarga, kesulitan ekonomi, kefrustrasian sosial politik, dan piciknya pandangan merupakan rumput kering yang siap terbakar kapan saja. “Film ini mendorong pentingnya ruang dialog yang setara, terbuka, dan kritis dalam pencarian identitas anak bangsa,” kata Garin yang akan menjadi sutradara film tersebut. Garin mengatakan dia merasa sangat beruntung bisa menggarap film dengan tema besar multikultur tersebut. Menurutnya, keragaman budaya yang ada di tengah-tengah masyarakat Indonesia sebagai kekayaan yang tak ternilai harganya dan wajib untuk dirawat. Film yang akan dibuat dalam durasi 90 menit itu akan menampilkan tiga karakter utama

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, stasiun televisi berlomba meramaikan layar kaca dengan ragam sajian spesial. Film layar lebar pun jadi pilihan menghibur. ERI ANUGERAH

I

DUL Fitri bukan hanya saat yang tepat untuk saling memaafkan. Ia juga jadi ajang berkumpulnya seluruh keluarga yang diwarnai keceriaan dan canda tawa. Untuk melengkapi momen tersebut, sejumlah stasiun televisi pun menyajikan berbagai program spesial. Sebelumnya, saat Ramadan tiba, hampir semua stasiun televisi berlomba-lomba menyajikan program acara baru untuk pemirsa, mulai sinetron sampai kuis yang bertabur hadiah jutaan rupiah. Nah, pada hari Lebaran, variasi acara pun disuguhkan. Yang paling banyak, pemutaran film bioskop di layar kaca alias televisi. Belum adanya aturan window time atau aturan jarak tayang untuk film layar lebar ke format DVD dan kemudian ke televisi memang menguntungkan penikmat film di Indonesia. Jika ketinggalan menonton film di bioskop, tidak terlalu khawatir karena dalam waktu yang tidak terlalu lama, film bioskop tadi pasti diputar di layar televisi. “Ini memang berbeda dengan di luar negeri. Kalau di sana window time biasanya 6 bulan sampai setahun. Artinya, sebuah film bioskop baru bisa tayang di televisi setelah 6 bulan atau setahun pemutarannya di bioskop,” ungkap pemerhati film Benny Benke. Maka, tidak mengherankan kalau di saat Lebaran beberapa stasiun televisi mengandalkan film layar lebar untuk menghibur pemirsa. Sebut saja SCTV yang baru saja merayakan hari ulang tahun yang ke-21 yang akan mengumbar 20 judul film bioskop untuk menemani pemirsa bersilaturahim di hari Lebaran. Dengan bertajuk Pesta Film Layar Lebar Lebaran, SCTV me nyuguhkan 10 film yang tergolong baru. “Film-film ini dipastikan yang perdana tayang di televisi,” kata Direktur Program dan Produksi SCTV Harsiwi Achmad. Gelaran film tersebut akan memulai rangkaiannya sejak 29 Agustus - 10 September 2011. “Sebagai pembuka pesta, sebuah film terbaru Hanung Bramantyo berjudul ? akan hadir perdana,” ujar Harsiwi. Film bertema kerukunan antarumat beragama itu dianggap pas dengan momentum keagamaan umat Islam di Indonesia. Setelah itu, film-film lainnya akan bergulir teratur untuk diputar setiap hari. Ada Ka bayan Jadi Milyuner yang tayang 30 Agustus, Rindu Purnama di hari selanjutnya, disusul Baik Baik Sayang, Khalifah, serta Pejantan Tanggung. Film

bercerita tentang perjuangan seorang pemuda kampung bernama Asep yang digambarkan polos, lugu, taat beragama dalam menghadapi hidupnya yang dirasakan sangat pasrah dan ‘nelangsa’. Setting film merupakan penggabungan eksotisme perdesaan dan gemerlapnya metropolitan. Sebuah gambaran tentang dunia tradisional dan modern. Dalam balutan komedi situasi, pesan yang dicoba disampaikan lewat film ini ialah kesederhanaan dapat menaklukkan hati seseorang untuk kembali ke jati dirinya yang telah lama hilang. Untuk KJKK, Firman memasang aktor dan aktris Andhika Pratama dan Donita

13

tersebut menceritakan kisah perjuangan uskup agung pertama asal pribumi Monsinyur Albertus Soegijapranata. “Rencana itu sudah dua muncul 2-3 tahun lalu. Romo Soegijapranata adalah sosok menarik karena ia adalah pemimpin antara agama dan kebangsaan melawan penjajah,” kata Garin. Soegijapranata memiliki andil dalam melawan penjajah sehingga diberi gelar Pahlawan Nasional. Film akan mengangkat kisah kemanusiaan Soegijapranata di tengah berbagai konflik yang terjadi, di tengah perannya saat itu. Namun, produksi film bergenre sejarah ini memang masih terkendala dana. Anggota tim produser dan tim kreatif film Soegijapranata, Romo FX Murti Hadi Wijayanto SJ, menyatakan pembuatan film itu, mulai produksi hingga promosi, diperkirakan menelan biaya hingga Rp12 miliar. Film yang berdurasi sekitar 1,5 jam itu akan menceritakan kisah Soegijapranata pada pe riode 1940-1949. Dengan mengambil setting sosial di sejumlah kota seperti Semarang, Klaten, Solo, dan Yogyakarta, film tersebut diyakini akan semakin hidup. Di Kota Semarang, lokasi syutingnya ialah kawasan Kota Lama dan gereja-gereja. Murti menyatakan Soegijapranata

lainnya ialah Love Story, Heart 2 Heart, dan Ngebut Kawin. Hampir sama, Trans TV pun menggelar Sinema Spesial Liburan yang akan hadir mulai hari kedua Idul Fitri, Rabu (31/8) hingga Jumat (2/9) dengan judul-judul Space Jam, Monkey Trouble, dan Beethoven 2. Selain itu, beberapa film Indonesia juga akan diputar, termasuk Oh Baby, Si Buta dari Gang Senggol, dan Cinlok, mulai Selasa (30/8). Si Doel Momen Lebaran ini pula yang dimanfaatkan stasiun televisi RCTI untuk mengulang kesuksesan serial Si Doel Anak Sekolahan yang pernah sangat digemari pada 1990-an dengan membuatnya dalam format layar lebar yang bertajuk Si Doel Anak Pinggiran. “Ini proyek yang saya idamidamkan sejak lama. Bagaimana menghidupkan lagi si Doel dengan nuansa baru dengan wajah-wajah yang lama. Setnya kami bangun lagi dari awal,” terang Rudy Ramawi, Direktur Produksi dan Marketing RCTI. Meski dibuat dengan format layar lebar, film itu hanya bisa dinikmati di televisi, tidak untuk tayang di bioskop. “Si Doel kan sudah lama tidak diproduksi, dan sekarang adalah produksi terbarunya. Ini kami buat memang untuk televisi. Kalau nanti banyak permintaan untuk film layar lebar, kenapa tidak?” ujar Rudy. Seakan sebagai puncak kebanggaan stasiun televisi, film pun akan diputar perdana persis saat perayaan Idul Fitri, Selasa (30/8). “Ini bukan serial,

MI/RAMDANI

Garin Nugroho

FOTO-FOTO: DOK FILM ?

melainkan film. Inilah lanjutan cerita Si Doel, dan para pemainnya sangat bersemangat saat menerima tawaran ini,” sambungnya. Masih di hari Lebaran dan stasiun televisi yang sama, film bertajuk Dalam Mihrab Cinta pun diputar di layar kaca. Film yang diambil dari novel karya Habiburrahman El Shirazy itu menceritakan kisah Syamsul, seorang pemuda berusia 20 tahun yang menuntut ilmu di sebuah pesantren. Namun, dalam kenyataannya kehidupan di pesantren tidak sesuai harapan. Syamsul dituduh

men curi dan dia pun harus mengalami kisah pahit karena tuduhan tersebut. Sebelumnya, dalam rangkaian program Box Office Indonesia Spesial Lebaran, RCTI juga sudah menghadirkan film Sang Pencerah. Film tentang tokoh sejarah Ahmad Dahlan yang diperankan Lukman Sardi ini berkisah tentang ba gaimana upaya Ahmad Dahlan meluruskan pemahaman masyarakat Yogyakarta tentang agama Islam. (M-3) miweekend @mediaindonesia.com

TAYANGAN LEBARAN: Beberapa adegan dalam film ? (tanda tanya). Film garapan Hanung Bramantyo akan menjadi salah satu film bioskop yang diputar di layar kaca atau televisi saat liburan Lebaran.

yang diwakili tiga tokoh, yaitu Rima, Nanda, dan Ibu Isna. Aktris senior Jajang C Noer akan mendukung film tersebut. Film ini dijadwalkan akan rampung digarap pada September, sehingga target pemutaran pada Oktober mendatang bisa tercapai. “Saya berharap film ini akan menikam jantung permasalahan bangsa yang kian tidak jelas arahnya,” ujar pendiri Maarif Institute seraya diamini mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafi’i Maarif. Selain itu, Garin Nugroho yang sudah meraih berbagai penghargaan internasional saat ini juga tengah menggarap film berjudul Soegijapranata. Film

adalah uskup agung Semarang yang juga tokoh besar yang berperan melawan penjajah. Dalam film itu juga akan muncul sejumlah tokoh nasional, seperti Soekarno dan Jenderal Soedirman. Saat ini pembuat film masih melakukan casting di beberapa pemeran. Selanjutnya, pada Oktober 2011 proses penggarapannya dimulai dan pada April 2012 film ditargetkan sudah selesai. Karena film dokumenter, yang memotret kehidupan Soegijopranata, ada pesan yang ingin disampaikan bahwa multikulturalisme dan nasionalisme sangat penting dalam kehidupan berbangsa. (Eri/M-1)


14

J ENDELA BUKU

SABTU, 27 AGUSTUS 2011

Rasio dan Iman dalam Rengkuhan Agama Ihwal menyangkut agama ada di antara tegangan dua kutub, yang rasional dan transenden. Kutub rasional bekerja dengan metode skeptis dan kutub transenden bekerja dengan metode sujud sembah. DAVID TOBING

M

ASA Depan Tuhan: Sanggahan terhadap Fundamentalisme dan Ateisme yang diterbitkan Mizan adalah buku yang sungguh menggugah siapa pun. Memang, judul tersebut dapat dipahami sebagai hasil translasi yang rada spekulatif atas judul aslinya The Case for God: What Religion Really Means. Meski begitu, secara esensial, buku karangan Karen Amstrong--pemikir masalah keagamaan kontemporer, sekaligus penyebar semangat keberagaman yang penuh cinta kasih--itu memang hendak memosisikan agama dalam konstelasi pemikiran yang rasional dan yang transenden. Dengan mengacu pada posisi agama sebagai entitas seperti itu, pengutamaan salah satu kutub akan menghasilkan corak pemikiran yang hendak disanggah mati-matian oleh Karen. Ia punya alasan kuat. Pengutamaan kutub rasional akan menghasilkan pemikiran yang bercorak ateistis. Adapun pengutamaan kutub transenden akan menghasilkan pemikiran yang bercorak fundamentalistis. Dalam kerangka pemahaman yang demikian, Masa Depan Tuhan: Sanggahan terhadap Fundamentalisme dan Ateisme merupakan konstruksi pemikiran yang meyakini bahwa agama dan Tuhan adalah sesuatu yang sesungguhnya lolos dari cengkeraman pemikiran ateistis maupun fundamentalistis. “Ketika rasio sudah tak mampu lagi menjawab pertanyaan, maka yang dilakukan adalah sujud sembah,” simpul Rektor UIN Syarif Hidayatullah Komaruddin Hidayat, dalam diskusi buku Masa Depan Tuhan: Sanggahan terhadap Fundamentalisme dan Ateisme yang diselenggarakan Media Indonesia di Media Learning Center, Kedoya, Jakarta Barat, pekan lalu. Tindakan untuk memahami dan menerima keberadaan Tuhan membutuhkan transformasi dari I think menjadi I believe. Komarrudin menyatakan transformasi ini sebagai sebuah loncatan dari rasio ke iman yang tak terelakkan dalam kehidupan.

BUKU BARU Investasi Aman dan Murah dengan Emas AKHIR-AKHIR ini masyarakat seperti dihebohkan melonjaknya harga emas dunia di tengahtengah terpuruknya mata uang jangkar dolar Amerika. Sebuah pertanyaan muncul, “Kenapa emas lebih menguntungkan daripada investasi lainnya?” Jawabannya, sebab pergerakan investasi modern seperti saham, reksa dana, dan obligasi bergantung pada kurs dolar dan inflasi. Emas telah terbukti selama lebih dari 14 abad kebal terhadap inflasi, serta bisa dijual dan dibeli di mana pun. Ada cara sederhana untuk berinvestasi emas. Anda tinggal membelinya, belinya menyimpannya, menyimpannya lalu menjualnya ketika harga emas naik. Tapi dalam buku Cara Cerdas Berkebun Emas ini, Rulli Kusnandar akan membongkar rahasia berinvestasi emas yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Modal yang diperlukan relatif sedikit, bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda. Langkah yang dilakukan pun cukup sederhana, menggunakan instrumen gadai. (*/M-1) (Cara Cerdas Berkebun Emas/Rulli Kusnandar/Transmedia/ ISBN:9789797991357)

Dunia Gay dan Penilaian Moral Agama

MI/ROMMY PUJIANTO

DISKUSI BUKU: Rektor Universitas Syarief Hidayatullah Jakarta Komaruddin Hidayat (kiri) menjadi pembicara didampingi moderator Askadiv Buku dan Tabloid Gantyo Koespradono ketika diskusi buku berjudul Masa Depan Tuhan di Learning Center Media Group, Kedoya, Jakarta Barat, Jumat (19/8). Dalam kehidupan, manusia menemui kenyataan-kenyataan yang tidak mudah di jelaskan hanya dengan menggunakan kategori-kategori pemikiran yang bercorak rasional. Dalam bukunya, Karen menunjukkan fenomena kematian, penderitaan, kesedihan, keputusasaan, dan kemarahan terhadap ke tidakadilan merupakan hal-hal yang selalu lolos dari pen jelasan rasional. Di sini, transformasi rasio ke iman melalui agama memampukan manusia hidup secara kreatif dan menerima dengan penuh kegembiraan kenyataan hidup yang tidak mudah dipahami itu. Kesadaran akan keterbatasan kategori yang rasional dalam ihwal agama tidak dengan sendirinya berimplikasi pada peniadaan segala hal yang rasional dalam kehidupan beragama. Penolakan murni atas peran rasio dalam memahami agama akan melahirkan pemikiran yang bercorak fundamentalistis—sebuah pemahaman yang semata-mata berpijak pada analisis harfiah atas agama, yang kemudian diikuti pelembagaan nilai-nilai agama.

Keberagaman Dalam kacamata Komaruddin, fenomena fundamentalisme yang muncul di manamana sebenarnya merupakan fenomena yang berjangkar pa da upaya manusia untuk melembagakan agama. “Upaya pelembagaan ini semakin dahsyat ketika agama dipadu-

kan dengan etnisitas tertentu sehingga menghasilkan militansi yang luar biasa. Hal ini tampak nyata dalam konflik Palestina dan Israel,” terang Komaruddin. Tuhan dan agama, menurut Komaruddin, adalah dua hal yang berbeda tapi tidak dapat dipisahkan. “Tuhan itu ada

dan agama itu adalah sarana untuk mengenal Tuhan.” Dari penjelasan yang demikian, keberagaman agama atau pluralisme agama merupakan gambaran dari keberagaman jalan untuk mengenal Tuhan. Secara metafora, sungai dan laut untuk menerangkan hubungan antara keberagaman agama dan Tuhan. b Sungai-sungai dengan rute yang berbeda sesungguhnya y mengalir menuju lautan yang satu. Sungai-sungai yang berbeda merupakan gambarb an dari agama-agama yang beragam. Adapun lautan itu b sendiri merupakan gambaran Tuhan. Komaruddin juga meyakini bahwa pluralisme adalah deb sain Tuhan. Karenanya, hal itu adalah sesuatu yang sungguh mustahil untuk disanggah manusia. Sebagai sarana untuk mengenal Tuhan, agama pun dengan sendirinya berp peran menyediakan orientasi nilai yang berfungsi sebagai penentu tindakan manusia. Pengakuan atas keberadaan Tuhan yang dikenali lewat pengalaman beragama tidak berhenti pada diri perso nal saja. Pengakuan atas keberadaan Tuhan berdampak pada perilaku aktif yang dilakukan

umat pemeluk agama. Di sini, agama menemukan dimensi praktis dalam kehidupan kolektif masyarakat— Karen menyebutnya sebagai miqra, sebuah istilah yang dipergunakan para rabi di abad lalu sebagai penanda keterlibatan aktif pemeluk kepada Yang Khalik melalui tindakan ritual dan tindakan etis. Keterlibatan aktif secara ritual dan etis itulah yang akan mengonstitusikan kesadaran pikiran dan batin yang baru dalam diri individu. Inilah iman sejati dari orang-orang yang meyakini keberadaan Tuhan dan sadar bahwa agama adalah sarana untuk mengenal Sang Khalik. Karen juga menekankan keberlibatan aktif ini tidak se mata-mata bersifat egoistis-individual. Keberlibatan aktif ini juga bersifat kolektifkomunal. Melalui keberlibatan aktif, agama pun menjadi sumber inspirasi untuk melawan ti rani sang penindas, yang tak jarang mempergunakan ta meng keagamaan demi melegitimasi hasrat akan kekuasaan. (M-1) miweekend @mediaindonesia.com

DI tengah masyarakat Indonesia yang dikenal religius, tren waria dan hubungan seks sejenis justru disambut dan dirayakan sebagai gejala kosmopolitan yang normal. Lost Butterfly: Dilema Cinta Mantan Pria adalah sebuah novel yang menjelaskan tema krusial dalam narasi populer dan romantis. Wartawan senior Farid Gaban memberi komentar, “Dengan cara sederhana tapi provokatif, Lost Butterfly mengajukan pertanyaan filosofis, ‘Apakah agama hanya bisa dinikmati oleh manusia normal dan sebaliknya hanya menjadi siksa bagi mereka k b k yang terlahir l h berbeda, yang misalnya terdorong memiliki jenis kelamin lain? Apakah Tuhan Sang Sutradara Agung membenarkan diskriminasi dan pengucilan atas nama penafsiran agama yang sering kali terlalu terburu-buru dianggap absolut?’ Tentu ini sebuah pertanyaan besar dan memerlukan jalan keluar yang cerdas.” (*/M-1) (Lost Butterfly: Dilema Cinta Mantan Pria/Yandasara/Tinta Publisher/ISBN: 9786029776508)

Membongkar Misi Terselubung AS VIDEO yang menggambarkan tentara Amerika Serikat menembaki warga sipil di Irak sambil tertawa-tawa itu menghebohkan dunia. Pengunggahnya adalah situs Wikileaks. Situs pembocor rahasia itu diduga mempunyai sekitar 250 ribu kawat diplomatik, tapi sampai hari ini baru membocorkan sekitar 2.500 kawat. Buku ini bisa menjadi pembuktian maksud buruk politik luar negeri AS yang semakin terlihat telanjang akhir-akhir ini. Pemimpin Wikileaks, Julian Assange, ditangkap dengan tuduhan yang direkayasa. Buku ini juga menyingkap fakta-fakta kontroversial di antaranya, bagaimana cara kerja Wikileaks sehingga bisa mendapat begitu banyak dokumen rahasia negara? Benarkah George Soros ada di belakangnya? Tahukah Anda bahwa Julian Assange itu kutu buku yang ber-IQ di atas 170? (*/M-1) (Wikileaks: Situs Paling Berbahaya di Dunia/Haris Priyatna/ Mizan)


15

SABTU, 27 AGUSTUS 2011

Linkin Park Datang Lagi Untuk kedua kalinya, Linkin Park akan mengguncang Jakarta. Rolling Stone menyempatkan berbincang dengan Chester Bennington mengenai progres musik, kehidupan tur, dan kerja sama dengan Rick Rubin. ROCK & ROLL

CHART

Rolling Stone Top 10 Indonesia Album 1

Letto Cinta... Bersabarlah (Musica Studios) Seperti biasa, band romantis asal Yogyakarta ini kini kembali berfilosofi tentang cinta sebagai effort terbaru mereka dengan anggun.

2

Marcell And the Story Continues (E-Motion)

3

The Changcuters Tugas Akhir (Sony Music) Dengan konsep sekolahan, para pendekar rock n’ roll kocak ini punya alasan baru untuk jumpalitan dengan tembangtembang energik yang mudah dinyanyikan.

4

BRNDLS DGNR8 (Sinjitos Records)

5

Jemima Jemima (Demajors)

6

Burgerkill Venomous (Demajors)

7

Wonderbra #fiksifriksi (Dagda)

8

Geisha Merayu Bintang (Musica Studios)

9

Raisa Raisa (Universal Music Indonesia)

Ricky Siahaan

L

INKIN PARK (LP), raksasa new metal/rap rock dunia, itu kini siap menyambangi Indonesia untuk kedua kalinya. Mungkin kita masih ingat bagaimana band yang beranggotakan Chester Bennington (vokalis), Mike Shinoda (vokal rapper/gitaris), Joseph Hahn (turntables/keyboardist), Phoenix (basis), Brad Delson (gitaris), dan Rob Bourdon (drumer) dan didirikan di Agoura Hills, California, pada 1996, ini muncul ke dunia musik dengan formula rap rock kental. Band ini pun bersenjatakan debut album mereka Hybrid Theory yang dirilis pada 2000, yang meledak di pasar musik dunia--terjual sebanyak 15 juta keping di seluruh dunia--dan berhasil menjadi salah satu eksponen terpenting dari genre yang besar di akhir 90-an hingga awal 2000-an. Bersama Limp Bizkit, Korn, dan System of a Down, LP menjadi salah satu band paling laku di pasar dunia akibat formula mereka yang paling easy listening dan ‘bersahabat’, jika dibandingkan dengan teman-teman seperjuangannya. Musik mereka juga mampu melekat erat di telinga para penggemar yang belum tentu harus menggemari musik metal. Khusus untuk Indonesia, ada beberapa fakta yang mendukung betapa besarnya pengaruh LP pada negara ini. Beberapa di antaranya ialah album Hybrid Theory yang terjual lebih dari 600 ribu keping di Indonesia. “Kalau album Meteora terjual sekitar 500 ribu keping. Album-album LP setelahnya sekitar 100 sampai 200 ribu keping,” beber Hendra Tanusaputra, International Marketing Department of Warner Music Indonesia. Itu bukan angka yang main-main untuk sebuah band rock internasional di Indonesia. Bahkan, konser Linkin Park (era album Meteora) di Indonesia pada 2004 mampu menyedot hingga 20 ribu penonton lebih. Hal itu tampaknya membuat event organizer Big Daddy berencana mendatangkan Linkin Park pada 21 September 2011. Beberapa fakta lainnya ialah adanya klub fan mereka yang serius bernama Linkin Park Fans Indonesia atau LPFI. Klub tersebut merupakan gagasan anak Bandung dan kini beranggotakan lebih dari 5.000 orang di Facebook.

10 DOK. ROLLING STONES

Selain itu, di Indonesia ada band rock berbasis massa besar seperti Saint Loco, yang mengakui cukup banyak terpengaruh secara musik oleh LP. Dengan materi yang ‘berani’ menggabungkan rock, hip hop, dan musik elektronik seperti drum dan bas, LP menjadi salah satu band yang paling berprogres. Lima tahun ke belakang, LP tampak nyaman bekerja sama dengan produser bertangan dingin, Rick Rubin, pada album-album mereka. Terbukti, pada A Thousand Suns (2010), band ini cukup drastis menggeser musik mereka menjadi lebih tenang dan mempunyai pengaruh elektronik yang kuat. Fan pun cukup banyak yang bergejolak. Beberapa cukup berkerut dahinya akibat bingung dengan materi yang dianggap cukup berat tersebut, walaupun masih banyak juga fan yang tetap setia. “Kalau menurut saya sih cukup normal kalau mereka berubah, bahkan menurut saya Linkin Park itu beruntung karena mereka mungkin satu-satunya band new metal yang bisa melakukan progres sampai sedrastis ini dan tetap terjaga benang merahnya,” tegas Iwan Hoedarto, gitaris Saint Loco, penggemar LP. Yuda, fan berat dan juga pendiri LPFI, juga beranggapan sama. “Saya bahkan pernah lihat chat dengan Chester Bennington di Yahoo. Ketika ada yang bertanya ‘Is new metal dead?’, dia malah menjawab ‘I hope so!’ Ini seolah statement yang menya-

takan kebosanan Chester akan musik ingar-bingar,” tukas Yuda. Rolling Stone mendapat kesempatan untuk berbincang dengan Chester Bennington via telepon. Berikut petikan wawancaranya: Apa kabar Chester? Jadi ini untuk yang kedua kalinya Linkin Park akan tampil di Indonesia. Apa yang diharapkan para fan dari show kedua nanti? Kabar baik di sini, sebuah show yang bagus pastinya. Seperti yang sudah-sudah, kami akan membawakan banyak materi yang akan jadi sebuah konser yang menarik. Tentunya kami akan membawakan banyak materi lama dari album yang lama seperti dari Hybrid Theory dan Meteora serta album lainnya. Tapi kami juga akan memainkan lagu-lagu dari album baru. It should be a good show. Banyak opini mengenai pergeseran materi musik di album baru A Thousand Suns, sekarang menjadi lebih kalem dan tak lagi menawarkan rock. Well, kalau dilihat sebenarnya dari dulu tiap album Linkin Park pasti menawarkan perbedaan atau progres. Hybrid Theory lebih bersemangat, dengan lagu rock yang cukup keras tapi di album yang sama juga ada lagu seperti In the End yang bertempo lambat, dengan piano. Kalau didengar bisa membuat orang berpikir “What the fuck?”, tapi seperti-

nya cukup masuk akal untuk berada di album yang sama. Kondisi sekarang di album A Thousand Suns juga seperti itu, kita selalu berubah, dan itu hal yang biasa. Pada titik karier Linkin Park seperti saat ini, apakah Anda masih menganggap penting review buruk atau review bagus dari media terhadap karya Anda? Adalah hal yang menarik Anda menanyakan ini karena sebenarnya sebagai seorang pemain band kami dari dulu selalu mendapatkan review dengan berbagai macam dan jenis. Ada majalah yang memberi empat bintang pada kami, ada majalah lain lagi yang memberi dua bintang. Bahkan, dulu ada sebuah media di Seattle yang punya kebencian yang luar biasa terhadap LP, seolah kami bertanggung jawab atas terjadinya ketidakadilan di dunia. Kalau menurut saya sih, setiap orang berhak memiliki opininya sendiri. Hal yang paling penting bagi kami adalah ketika kami memberikan yang terbaik saat berkarya di studio, dan ketika mengerjakan final touch dari sebuah album. Kami semua bahagia terhadap hasilnya dan saling tos-tosan setelahnya. Kabarnya Linkin Park sedang sibuk menulis album baru? Ya, kami selama tur memang secara konstan selalu menulis lagu dan mempersiapkan album berikutnya. (M-4)

Gigi Sweet Seventeen (Pos Records/Demajors)

The Changcuters Tugas Akhir - Sony Music Indonesia

Menarik dengan Konsep Sebuah Akademi YANG menarik dari Tugas Akhir, album terbaru dari band rock n’ roll asal Bandung, ini ialah bagaimana mereka mencoba menawarkan sebuah konsep ‘akademi’ yang mereka beri nama Akademi Changcutama Indonesia 2011. Desain cover dibentuk resmi seperti sebuah tugas akhir seorang mahasiswa. Secara materi musik The Changcuters masih menawarkan tema retro yang kurang lebih sama dengan album-album sebelumnya, kocokan gitar yang clean, suara drum ‘zadul’ yang mentah, dan jilatan vokal Tria Changcut yang liar. Suara yang dihasilkan kali ini bisa dibilang tergarap lebih baik karena dilengkapi nuansa gema di vokal hingga memberikan kesan tua pada Tugas Akhir. Musik yang ditawarkan mengandung beberapa aroma seperti country, surf rock, rockabilly, dan lagu slow meratap era motown/ stax di beberapa lagu. Bukan The Changcuters namanya bila tak melucu di departemen lirik. Tema jatuh cinta dengan guru pada Bu Lisa atau memuja orangtua di Mama Papa Pujaan cukup absurd bila diperhatikan. (M-4)

Ricky Siahaan

Mewujudkan Mimpi Lama nyawa saya selama ini. Dan sobat Padi serta para penggemar adalah yang sudah memberi saya karier selama ini.

Q&A Adib Hidayat

Konsep yang terlintas di awal pembuatan album ini apa? Terus terang, saya mengadaptasi konsep Santana. Gitaris dengan memunculkan vokalis-vokalis atau featuring beberapa vokalis dalam satu album. Saya di sini adalah produser, gitaris, komposer, serta song writer. Dan tidak banyak (baca: tidak ada) yang bisa melakukan itu di Indonesia. Nantinya, credit title di TV/radio promo akan tertulis Piyu featuring si ‘A’, misalnya.

SEJAK Yoyo, drumer Padi, ditangkap, aktivitas Padi berhenti. Masing-masing seperti sepakat agar band ini istirahat sejenak. Atau dalam bahasa mereka, break terlebih dahulu. Namun, di luar Padi beberapa personel tetap bermusik. Piyu, sebagai otak sekaligus pencetak banyak hit lagu Padi, malah siap merilis album solo yang berisi 11 lagu. Dalam album yang akan dirilis E-motion pada September 2011 ini, Piyu melibatkan vokalis Tantri (Kotak), Anji (eks Drive), Inna Kamarie, Dandy (Mike’s), Wafdah, dan Erwin. Dalam salah satu lagu, Piyu juga menyanyikan sebuah lagu. Lagu lama Padi, Sesuatu yang Indah, juga ditampilkan dalam solo album Piyu ini, tetapi dengan format instrumental.

Apakah personel Padi lain dilibatkan dalam proyek ini? Rindra ikut membantu mengisi (suara) bas di lagu Tak Menganggapku Ada. Apakah album ini akan menjadi pengobat rasa kangen kepada Sobat Padi? Mungkin saja. Tapi bisa jadi saya akan memperbesar lingkup penggemar-penggemar baru. Saya ingin agar album ini benar-benar bisa dinikmati secara utuh. Bukan hanya asal didengar lalu dilupakan begitu saja.

Berapa lama proses pembuatan album ini? Apa nama album solo Anda ini? Secara konsep dan keseluruhan, pengerjaan musik dasar selama tiga minggu. Album ini berjudul Self Title (Piyu). Apa latar belakang pembuatan album solo ini? Tujuan merilis album solo ini bukan untuk menunjukkan ada seorang anggota dari sebuah band yang sedang mencoba merintis ‘karier’ di jalur solo. Bukan itu maksudnya, saya adalah

SAMUEL

Piyu, hanya Piyu. Tidak pakai embelembel Padi, kenapa bisa begitu? Saya ingin orang tahu bahwa Piyu adalah seorang performer, entertainer, juga entrepreneur, bukan hanya Piyu Padi, meskipun Padi adalah napas dan

Apa album ini dibuat ketika Yoyo terkena kasus hukum dan Piyu perlu membuat saluran musik lain? Yup. Hidup harus terus berjalan bukan? I have to move on. Saya adalah pekerja keras dan tidak bisa saya hanya berdiam diri meratapi nasib. Sebenarnya mimpi ini berkelanjutan

sejak saya masih remaja. Apa pun bentuknya, saya suka perform dengan main gitar. Saya harus punya materi untuk dimainkan, bukan hanya melakukan cover version lagu-lagu saya di Padi lagi. Hahaha. Saya masih punya 600-an lagu yang belum pernah dirilis, masih tersimpan di file saya. Apakah ada satu peristiwa yang membuat Anda pesimistis dengan masa depan Padi? Tidak pernah. Benarkah tiga personel Padi (Rindra, Ari, dan Fadly) membentuk proyek lain pasca-Yoyo tersangkut kasus hukum? Oh ya? Saya baru tahu itu? Saya sama sekali tidak pernah berkomunikasi dengan teman-teman Padi sejak malam Yoyo ditangkap. Kembali ke solo album ini. Apa yang akan menjadi single pertama? Judulnya Sakit hati (Di lagu ini Piyu menyanyikannya sendiri). Kenapa Sakit Hati? Apakah ini refleksi ‘sakit hati’ pada dunia musik? Sama sekali enggak ada hubungannya. Saya tidak pernah merasa ‘industri’ ini sakit. Saya bahkan masih bisa mendapatkan keuntungan tanpa saya melakukan apa-apa. Artinya, saya masih punya banyak waktu untuk mengerjakan album solo, merilis buku, dan masih bisa juga mendapatkan keuntungan dari produksi-produksi yang dibuat maupun dari perusahaan publishing. (M-4)

Halaman ini merupakan kerja sama antara majalah Rolling Stone Indonesia dan harian Media Indonesia.

www.rollingstone.co.id


16

F OKUS O

SABTU, 27 AGUSTUS 2011

City Hadapi Rival Berat mengatakan timnya mengBAYERN Muenchen dan hadapi tugas berat saat benVillarreal meyakini mereka trok dengan juara empat berada dalam satu grup kali Muenchen. “Ada empat yang berat. Dua tim debuttim hebat di grup ini. Peran, Manchester City (Ingsaingan di sini pasti sangat gris) dan Napoli (Italia), kompetitif. Fantastis bagi tentu saja ingin langsung City yang akhirnya menbersinar. jadi bagian dari sejarah Liga Pelatih Muenchen Jupp ja AP Champion. Muenchen klub Heynckes tahu bahwa skuatC Roberto b t M Mancini i i hebat dengan sejarah yang nya tidak boleh menoleransi R Pelatih Manchester City hebat. Dengan tim seperti kesalahan. inilah kami ingin bersaing,” “Ini grup yang berat saya kira. Saya tahu Villarreal dan Napoli dengan ujarnya. Pelatih Napoli Walter Mazzari juga baik, mereka tim yang hebat. Dan kalau bicara soal City, skuat mereka telah di-upgrade. sepakat dengan Mancini. “Menghadapi tim Mereka juga melesat cepat dalam dua tahun seperti Muenchen tidak mudah. Mereka tim terakhir sehingga mampu lolos langsung terhebat di Jerman,” ujarnya. “Sementara ke putaran utama Liga Champion,” ujar City sekarang telah bertransformasi menjadi Heynckes. “Jadi terus terang harus kami tim hebat. Ada pula tim terbaik di Spanyol, Villarreal. Daya upaya mungkin tidak cukup akui, posisi kami sulit di grup ini.” Adapun Roberto Mancini, pelatih City, untuk mengatasi tiga rival ini.” (Yan/R-2)

Grup B Ujian bagi Inter Trabzonspor. PELATIH Inter Milan Gian CSKA adalah tim terkuat Piero Gasperini tahu bahwa di Rusia dan juga paling kubunya menghadapi laberpengalaman di antara wan yang tidak mudah di tiga rival Inter. Adapun Grup B. Lille merupakan tim yang Inter bergabung dengan terorganisasi dengan baik. CSKA Moskow, Lille, dan “Meski mereka menjual Trabzonspor. Ketiganya bak pemain-pemain pentingnya, tes bagi dirinya. “Saya tahu p AP kekuatan tim tidak berubah kekuatan CSKA dan Lille, k karena kesolidannya.” tapi tidak dengan Trabzon- Gian Piero Gasperini Pelatih Lille, Rudi Garcia, spor. Kami masih harus Pelatih Inter Milan yakin timnya tetap berpelumempelajari kekuatan mereka dengan hati-hati. Karena sepak bola ang lolos. “Inter tetap lawan terberat di sini. Turki biasanya melahirkan klub-klub tang- Meski formasi pemainnya selalu berganti, guh dan mereka berkembang. Penggemar Inter masih memiliki banyak pemain bermereka juga sangat menginspirasi timnya,” talenta,” kata Garcia. Sama dengan Gasperini, Garcia juga buta jelas Gasperini. Di grup ini, Inter disebut para rival se- kekuatan Trabzonspor dan CSKA. “Saya sebagai favorit juara grup. Namun Gasperini dang mempelajari tim itu. Pengalaman kami tidak langsung semringah walau di atas berlaga di Turki melawan Fenerbahce tahun kertas Inter unggul atas CSKA, Lille, dan lalu mestinya berguna.”(Yan/R-2)

Fergie Sambut Benfica yang memiliki tradisi lolos MANCHESTER United ke babak 16 besar pernah (MU), yang sedang membertemu di Wembley pada buat rekor penampilan ke1968. Saat itu, MU menang 17 mereka dalam kompetisi 4-1. klub utama dunia, menjadi “Kami menunggu laga tim pertama dari 32 tim kontra Benfica. Melawan yang diundi dalam acara Benfica selalu menghapengundian yang dilakudirkan pertandingan yang kan legenda Portugal Luis d AP menarik dan indah. PertanFigo. m dingan dengan Benfica Klub juara tiga kali asuh- Sir Alex Ferguson sarat dengan sejarah,” jelas an pelatih Sir Alex Ferguson Pelatih Manchester United Ferguson. itu akan menghadapi BenDirektur Umum Benfica Rui Costa juga fica, pemenang dua kali asal Portugal pada awal 1960-an, FC Basel, dan klub Rumania senada dengan Ferguson. “MU salah satu tim terbaik, itu pasti. Dan pertemuan deOtelul Galati di Grup C. Benfica dan MU memiliki sejarah per- ngan kami adalah sejarah. Di lain pihak, temuan. Keduanya berada di Grup E Basel dan Otelul Galati tidak boleh diangbersama dengan FC Basel dan debutan FC gap remeh. Mereka adalah misteri terbesar bagi kami karena kami sama sekali tidak Otelul Galati. Ferguson tidak sabar untuk memainkan tahu kekuatan mereka. Semoga kami bisa sepasang laga kontra Benfica. Keduanya mengatasi mereka.” (Yan/R-2)

Para Jawara Siap Be

Tiga puluh dua klub bersaing untu Jalan panjang menuju perebutan tak DENNY P SINAGA

S

EPULUH pemenang play-off telah bergabung dengan 22 klub yang otomatis lolos ke putaran utama dalam pengundian di Grimaldi Forum, Monako, kemarin malam. Tiga puluh dua klub dibagi dalam empat pot. Dari setiap pot, satu klub diundi masuk satu grup. Klub-klub yang masuk pot didasarkan atas sistem koefisien yang ditentukan Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA). Sehingga tidak akan ada tim dari asosiasi (atau dari negara yang sama) yang akan berada dalam satu grup. Jalan panjang menuju final yang akan digelar pada 19 Mei 2012 akan dimulai pada 13 September dengan pertandingan pembuka tahapan g r u p musim ini. Laga perdana fase kualifikasi Liga Champion akan dilangsungkan pada 13-14 September 2 0 11 . K u a l i fikasi akan berlangsung setiap dua minggu hingga laga penyisihan grup terakhir pada 6-7 Desember 2011. Dua tim teratas setiap

grup akan melaju ke babak knock-out 16 besar yang dilangsungkan pada 14–15 dan 21–22 Februari 2012 serta 6–7 dan 13–14 Maret 2012. Sementara itu, tim-tim penghuni peringkat ketiga penyisihan grup a k a n t u ru n mengikuti babak 1 6

besar Liga Europa. Babak perempat final akan dilanjutkan pada

Zagreb Senang Bertemu Madrid tuk meloloskan timnya JUARA Liga Champion k e 1 6 b e s a r. “ M a d r i d sembilan kali Real Madan Lyon lawan berat, drid akan menghadapi mere ka selalu lolos dari musuh lama mereka, penyi sihan.” Lyon dari Prancis, klub Tahun lalu, Ajax kalah Belanda Ajax, dan Di0-4 dari Madrid dan De namo Zagreb (Kroasia). Boer ingin sekali memBagi Zagreb, hasil unbalasnya. dian itu merupakan hal b REUTERS “Lolos dari fase grup terbaik yang mereka dalebih penting. Namun, pat musim ini. l Jose Mourinho membalas kekalahan itu M e n u ru t p e l a t i h D i - Pelatih Real Madrid juga perlu.” namo Z agreb Krunoslav Lyon, Ajax, dan Zagreb sepakat MaJurcic, bertemu kembali dengan Real Madrid adalah seperti mimpi yang jadi drid pasti lolos ke babak 16 besar. Selain kenyataan. Itu mengulang kembali per- pemain-pemain hebat, mereka juga didukung pelatih hebat. temuan Liga Champion 12 tahun lalu. “Benzema dan Mourinho adalah dua “Luar biasa. Skuat saya pasti tidak sabar ingin bertemu Madrid dan Jose hal dari banyak hal terbaik yang dimilik Madrid. Ajax jangan dianggap enteng, Mourinho,” tukas Jurcic. A d a p u n b a g i p e l a t i h A j a x , F r a n k sedangkan Zagreb dapat memainkan de Boer, tugasnya di sini berat un- sepak bola modern.” (Yan/R-2) AP/CLAUDE PARIS

SUASANA PENGUNDIAN: Beginilah pemandangan umum undian Liga Champion 2011-2012 di Monako, kemarin.


LAHRAGA

SABTU, 27 AGUSTUS 2011

a Benua Biru erlaga

Manfaatkan Mantan Pemain sedikit bingung kenapa dia CHELSEA, wakil keembisa bertemu bekas pemainpat dari Liga Inggris dan nya, Juan Mata. “Bagi penperempat finalis musim dukung kami itu memang lalu, berada di Grup E berspesial karena menyaksikan sama Valencia, Bayer LeMata bermain di Mestalla verkusen, dan Genk. (kandang Valencia) mePenampilan Chelsea kali makai kostum berbeda. ini menjadi ajang pembukKami menilainya sebagai tian bagi manajer baru AnK AP pemain hebat dan saya dre Villas-Boas. “Setiap unp Andre d Vill Villas-Boas B berdoa semoga dia sukses dian mencuatkan tantangan A dengan klub barunya tapi besar. Valencia adalah salah Pelatih Chelsea tidak saat melawan kami.” satu tim hebat. Juan Mata “Undian ini sulit dipercaya. Tidak dengan menjadi penting saat menghadapi Valencia yang merupakan bekas klubnya,” kata pertandingannya tapi mengingat perjalanan yang kami tempuh sangat jauh. Tujuan kami Villas-Boas. Pertemuan dengan Leverkusen akan lolos dan kalau bisa menjadi juara grup,” menjadi reuni bagi Michael Ballack. Adapun ungkap pelatih Leverkusen Robin Dutt. “Para pemain Genk inginnya bertemu menghadapi Genk, menurut Villas-Boas, tidak akan mudah. Karena Genk dipenuhi Barcelona atau AC Milan. Grup ini kurang atraktif tanpa mereka,” tukas pelatih Genk, talenta dan tidak boleh dianggap enteng. Di kubu Valencia, pelatih Unai Emery Pierre Denier. (Yan/R-2)

uk menjadi yang terhebat di Eropa. khta Eropa itu dimulai 13 September. 27–28 Maret 2012 dan 3–4 April 2012. Semifinal 17–18 April 2012 dan 24–25

April 2012. Sementara itu, final yang dilangsungkan dengan satu laga saja akan berlangsung 19 Mei 2012 di Allianz Arena, kandang Bayern Muenchen. Hadiah Tahun lalu, 32 klub yang berkompetisi d i

Liga Champion menerima total pendapatan dari hak siar sebesar 754,1 juta euro (setara Rp9,3 triliun). Setiap klub menerima uang partisipasi sebesar 3,9 juta euro (sekitar Rp48 miliar) plus bonus 550 ribu euro (sekitar Rp6,7 miliar) per pertandingan. Di setiap laga, tim yang menang mendapat tambahan 800 ribu euro (sekitar Rp9,5 miliar) dan yang kalah menerima 400 ribu euro (sekitar Rp4,9 miliar). Sebanyak 16 tim yang lolos ke babak kedua mendapat tambahan 3 juta euro (sekitar Rp36,9 miliar). Jika lolos ke perempat final mendapat tambahan 3,3 juta euro (sekitar Rp4,7 miliar), dan setiap semifinalis memperoleh tambahan 4,2 juta euro (sekitar Rp51,7 miliar). Ti m p e menang di final mengantongi 9 juta euro (sekitar Rp110,9 miliar) sedangkan runners-up memperoleh 5,6 juta euro (sekitar Rp69 miliar). Untuk tahun ini, perbedaan jumlah uang hadiah dan uang tampil diperkirakan tidak akan berbeda jauh. (R-2)

Unggul di Atas Kertas senal adalah salah satu yang ARSENAL mengawali terbaik. Tanpa Samir Nasri musim ini dengan hengdan Cesc Fabregas, Arsenal kangnya pemain bintang tetap pantas menyandang Cesc Fabregas dan Samir label tim hebat di Eropa,” Nasri. ujar Stephan. Kehilangan mereka tamMeski melihat Arsenal paknya tidak bisa ditosebagai lawan tangguh, leransi meskipun Arsenal Stephan tidak serta-merta mampu melaju ke babak S AP menganggap remah Borusutama setelah mengalahkan m sia Dortmund dan OlymUdinese di babak play-off. Arsene Wenger piacos. A r s e n a l t e l a h m e n g - Pelatih Arsenal “Dortmund mungkin amankan penampilan ke-14 mereka di Liga Champion dengan berada tidak seburuk apa yang kita nilai. Mesatu grup bersama Marseille, Borussia reka pernah menjuarai turnamen ini dan merupakan juara Liga Jerman. Tim mereka Dortmund, dan Olympiacos. Laga belum dimulai, tapi asisten pelatih solid.” Wenger semestinya senang dengan Marseille Guy Stephan menyatakan Arsehasil undian ini. Mengapa? Karena nal adalah favorit juara Grup F. “Satu-satunya kabar baik soal bentrok lawan-lawannya tidak terlalu berat. dengan Arsenal adalah setidaknya kami Setidaknya demikian di atas kertas. terhindar dari Manchester City. Pelatih Ar- (Yan/R-2)

Punya Kualitas Merata kutnya adalah bahwa tidak FC Porto diperkirakan ada tim favorit di grup ini. bakal menguasai Grup Bermain di Siprus melawan G. Juara 2004 ini berada APOEL belum tentu mudah, satu grup dengan Shakhtar bisa saja sesulit menghadapi Donetsk, Zenit St PetersPorto.” burg, dan APOEL Nico“Meski tidak dianggap sia. Namun, perwakilan terkuat, Porto juga jangan Porto, Shakhtar Donetsk, diremehkan,” tambah Spaldan Zenit St Petersburg d AP letti. “Mereka memiliki pada pengundian itu setuju l Hulk, Gustavo Varela, Ferbahwa di grup ini ada tiga L Luciano i Spalletti S ll i nando. Semuanya jajaran calon kuat yang lolos ke Pelatih Zenit St Petersburg pemain hebat di Eropa. babak kedua. Meskipun demikian, ketiganya tetap yakin bahwa Kami siap meladeni mereka.” Pelatih Shakhtar Mircea Lucescu menilai APOEL mesti diwaspadai. Di atas kertas, berdasarkan sejarah, Porto timnya, Porto, dan Zenit memiliki kualitas mungkin mudah melenggang. Tapi tidak yang sama untuk maju ke babak berikutnya. demikian bagi Luciano Spalletti, pelatih Zenit Porto lebih difavoritkan karena mereka perSt Petersburg. “Mereka bukan lawan terkuat nah juara. “Hadirnya Zenit di sini membuat kami di grup ini berdasarkan perkiraan di tim-tim di grup ini mempunyai kekuatan atas kertas. Hal penting yang harus kami te- merata. Tapi, jangan tutup mata terhadap kankan untuk melalui grup ini ke babak beri- kekuatan APOEL.” (Yan/R-2)

denny @mediaindonesia.com

Tergantung Pencapaian 5 Musim Terakhir SETELAH melewati babak kualifikasi pertama, kedua, dan ketiga, serta babak play-off, UEFA Champions League 2011-2012 telah memasuki fase grup. Fase grup terdiri dari 32 klub yang dialokasikan ke empat pot sebelum diundi ke delapan grup. Empat pot itu menentukan sebuah tim di tingkat keberapa. Tingkat yang dimaksud ialah tingkat kesuksesan klub dalam lima musim terakhir. Jika sebuah klub di pot satu, klub itu akan berada di sebuah grup dengan tidak ada klub pot satu lain di grup yang sama. Parameter penempatan di pot didasarkan pada koefisien negara anggota Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA). Pencapaian 32 klub itu dalam lima musim terakhir akan dikalkulasikan untuk mengetahui

klub-klub yang memiliki konsistensi pencapaian. Delapan klub terbaik di koefisien itu akan ditempatkan di pot pertama, 8 klub di posisi 9-16 akan ditempatkan di pot kedua, 8 klub di posisi 17-24 akan ditempatkan di pot ketiga, dan 8 klub di posisi 25-32 akan ditempatkan di pot keempat. Ada pengecualian untuk juara bertahan. Walaupun sebuah klub juara bertahan tidak termasuk di delapan klub terbaik di koefisien itu, klub tersebut akan tetap ditempatkan di pot pertama. Barcelona, misalnya, menempati posisi kedua di koefisien itu. Jika Barcelona di posisi kesembilan contohnya, mereka tetap ditempatkan di pot pertama karena status sebagai juara Liga Champion 2010-2011. (*/R-4)

17

Sobat Lama Dipertemukan

TEMA:

Seleksi yang Bermuara pada Pelemahan Lembaga

FOKUS POLKAM SENIN (29/8/2011)

JUARA bertahan Barcelona berada satu grup dengan juara tujuh kali AC Milan di Grup H. Selain Milan yang tersingkir pada 16 besar musim lalu, ada dua debutan yakni FC BATE Borisov dari Belarus dan Viktoria Plzen (Rep Ceko). Milan dan Barcelona akan melakoni pertemuan ke-12 Massimiliano dan 13 mereka di grup ini. Pelatih AC Milan Pelatih Milan Massimiliano Allegri berjanji timnya akan menampilkan yang terbaik saat berlaga dengan para pesaing di Grup H. “Kami memiliki tim yang terkuat di grup ini, dengan dua tim yang seharusnya dengan mudah bisa kami kalahkan. Pertandingan melawan Barcelona selalu menarik. Kami siap meladeni mereka. Laga seperti ini bisa membangkitkan

motivasi besar dalam tim kami.” Dua tim debutan, BATE Borisov dan FC Viktoria Plzen, kelewat senang masuk dalam grup ini. Keduanya merasa terhormat karena berada satu grup dengan dua klub terked REUTERS muka. m “Saya ingin melawan Allegri Barcelona dan seluruh teman saya memang menginginkan mereka ada di Belarus. Viktoria juga lawan yang tangguh, tapi kami tidak terlalu memikirkan mereka,” kata Filip Rudik, pemain tengah BATE. Bagi Direktur Olahraga Barcelona Andoni Zubizarreta, bertemunya Milan dan Barcelona bak teman lama yang reuni. Berarti Zlatan Ibrahimovic juga akan kembali bermain di Nou Camp. (Yan/R-2)


18

E NTREPRENEUR

SABTU, 27 AGUSTUS 2011

Roy Genggam

setelah 21 Tahun Roy Genggam Photography bertahan bahkan terus menggeliat di dunia foto komersial setelah lebih dari dua dekade. Kualitas karya dan manajemen yang rapi menjadi kuncinya. IIS ZATNIKA

B

OLAK-BALIKLAH halaman koran, majalah, dan tabloid, atau layangkan pandangan Anda ke papan iklan yang tersebar di berbagai sudut kota, maka Anda tak akan sulit menemukan karya Roy Genggam. Lelaki pendiri Roy Genggam Photography ini telah bertahan selama 21 tahun di dunia foto komersial. Ia terus berkarya ketika sebagian besar teman sejawatnya, yakni fotografer senior yang juga punya nama besar, pelan-pelan telah berhenti memotret. Di saat yang sama, persaingan dengan fotografer junior juga tak kalah sengit. Jadwal kerja Roy sepanjang Agustus hingga September yang terpampang di studionya yang lega dan resik di kawasan Cireundeu, Jakarta Selatan, menjadi bukti bahwa ia masih menjadi vendor favorit perusahaan advertising. Roy memang sering bekerja untuk perusahaan iklan, ia mengeksekusi konsep foto yang sebelumnya telah dirancang tim kreatif perusahaan iklan. Foto yang dihasilkannya kemudian diolah menjadi materi iklan yang kemudian dipajang dalam bentuk neon sign juga iklan di media cetak. “Bidang saya adalah fotografi komersial atau fotografi iklan. Jika fotografi jurnalistik menangkap momen atau taking picture, saya menciptakan momen atau making picture,” kata laki-laki yang sempat kuliah di Sinematografi Institut Kesenian Jakarta itu. Sebagian besar foto itu dihasilkan Roy di studionya. Kamera memang dipegang langsung oleh Roy, tapi dalam bekerja ia didukung tak kurang dari sembilan anggota tim tetap. Itu

Bidang saya adalah fotografi komersial atau fotografi iklan. Jika fotografi jurnalistik menangkap momen atau taking picture, saya menciptakan momen atau making picture.”

belum termasuk tenaga praktisi lepas, mulai make-up artist, penanggung jawab kostum, hingga mereka yang membuat setting. Roy menyebut studionya kini mirip rumah produksi. Sebuah mobil pun bisa masuk ke ruangan yang dilengkapi tata lampu dan properti fotografi. Tak mengherankan bila perusahaan advertising masih menjadikan dia sebagai pilihan utama saat mereka membutuhkan materi foto yang terbilang spesial. Pasalnya, kendati Roy tak membeberkan nilai proyekproyeknya, dengan melihat proses kerja dan tim yang terlibat tentu jumlah nominalnya tak murah. Lazimnya, klien memanggil Roy jika gambar yang dibutuhkan akan menjadi materi promo yang istimewa.

Kalender portofolio Roy mengawali kariernya dengan modal kekecewaan pada kampusnya. Roy memutuskan terjun langsung ke dunia kerja dan tak menyelesaikan kuliahnya. Saat itu ia sudah memiliki ketertarikan pada fotografi, bisa jadi karena saat kuliah ia juga lebih sering berdiri di belakang kamera yang ketika itu masih menggunakan pita. Sejak awal, Roy sudah bertekad mandiri. Maka, ia pun hanya betah bekerja selama empat tahun di dua majalah arsitektur. Ia memulai bisnisnya pada 1990 dengan mengontrak di sebuah rumah di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, untuk dijadikan studio. “Sembilan dari 10 fotografer itu biasanya anak orang kaya, dan saya adalah satu orang yang tak termasuk di dalamnya. Keluarga saya bukan orang kaya, biasa saja,” kata Roy mengulang kalimat yang sering diucapkannya saat memberi workshop kepada para fotografer muda. Kantor dan studio, kata Roy, meski masih bersahaja, menjadi representasi profesionalitas. Modal lainnya, kamera Bronica tiga lampu yang saat itu menjadi standar kamera profesional. Ia pun mulai menjajaki perkawanan dengan tim kreatif perusahaan-

MI/ROMMY PUJIANTO

perusahaan advertising papan atas. Namun, terobosan terbesar dibukukannya saat ia menyebarkan kalender yang memuat portofolionya. Strategi yang dilakukannya pada era itu terbilang tak biasa. Alhasil, order foto iklan pun berdatangan. Sebagian kliennya terheran-heran saat membandingkan hasil karyanya dengan kondisi studionya. Pada 18 bulan berikutnya, Roy bisa mengontrak rumah yang lebih besar, masih di daerah Tebet. Iklan sabun mandi Giv yang dibintangi Marcella Zaliyanti dengan latar belakang karpet merah yang glamor, begitu pula iklan Nu Green Tea yang jenaka dengan setting lift, dihasilkan di studio itu.

Manajemen foto Tepat pada September tahun ini, Roy sudah bekerja selama setahun di studio miliknya sendiri. Di atas lahan 600 meter dengan konsep bangunan yang fungsional tapi tetap asyik itu, Roy mulai menjalin kemitraan dengan para juniornya. Sejak awal 2011, Roy membuka Genggam Photo Management untuk mengakomodasi permintaan perusahaan advertising yang kliennya berminat menggunakan jasanya tetapi tak kesampaian karena faktor biaya. “Jadi, nanti akan ada beberapa pilihan. Jika pakai Roy, ini porto-

folionya, propertinya, tapi ada juga opsi fotografer di manajemen kami, kini sudah ada tiga orang yang lolos seleksi. Mereka punya portofolio dan propertinya masing-masing. Klien bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan dananya,” ujar lelaki pehobi reptil itu. Buat para junior di manajemennya, Roy memberlakukan sistem serupa, besaran persentase yang diterima sama persis dengan yang ia terima. Jadi, calon pemakai jasa studionya tak perlu buru-buru mundur ketika mendengar nama dan melihat daftar klien studionya. (M-3) miweekend@mediaindonesia.com

Ketika Musim Banting Harga Tiba KENDATI dikenal sebagai fotografer papan atas, Roy Genggam mengaku tak punya banyak waktu memotret di luar studionya. Walaupun selalu menyempatkan menabung foto saat bepergian ke luar kota--salah satu hasilnya ialah foto sawah yang dijepretnya di Jawa Timur yang kini terpajang di iklan Mie Sedap--Roy mengaku berada sepenuhnya di studio saat hari kerja. Intensitas kerjanya itu, kata Roy, berkorelasi dengan sistem manajemen

Pendiri: Drs. H. Teuku Yousli Syah MSi (Alm) Direktur Utama: Rahni Lowhur-Schad Direktur Pemberitaan: Saur M. Hutabarat Direktur Pengembangan Bisnis: Alexander Stefanus Dewan Redaksi Media Group: Elman Saragih (Ketua), Ana Widjaya, Andy F.Noya, Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Djafar H. Assegaff, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Saur M. Hutabarat, Sugeng Suparwoto, Suryopratomo, Toeti Adhitama Redaktur Senior: Elman Saragih, Laurens Tato, Saur M. Hutabarat Deputi Direktur Pemberitaan: Usman Kansong Kepala Divisi Pemberitaan: Kleden Suban Kepala Divisi Content Enrichment: Gaudensius Suhardi Deputi Kepala Divisi Pemberitaan: Abdul Kohar Sekretaris Redaksi: Teguh Nirwahyudi Asisten Kepala Divisi Pemberitaan: Ade Alawi, Fitriana Siregar, Haryo Prasetyo, Ono Sarwono, Rosmery C.Sihombing Asisten Kepala Divisi Foto: Hariyanto

yang dibangun timnya. Selain kualitas hasil foto yang prima, manajemen yang rapi juga turut menentukan kepercayaan perusahaan-perusahaan iklan yang menjadi kliennya. “Sekarang ini orang-orang iklan yang dulunya anggota tim kreatif, sudah jadi creative director di perusahaannya. Mereka bisa loyal karena nyaman; bukan cuma karena yakin dengan hasil kerja, tapi juga manajemen,” ujar Roy. Sementara Roy menjadi sang ekse-

Redaktur: Agus Mulyawan, Anton Kustedja, Cri Qanon Ria Dewi, Eko Rahmawanto, Eko Suprihatno, Hapsoro Poetro, Henri Salomo Siagian, Ida Farida, Jaka Budisantosa, Mathias S. Brahmana, Mochamad Anwar Surahman, Sadyo Kristiarto, Santhy M. Sibarani, Soelistijono Staf Redaksi: Adam Dwi Putra, Agung Wibowo, Ahmad Maulana, Ahmad Punto, Akhmad Mustain, Amalia Susanti, Andreas Timothy, Aries Wijaksena, Aryo Bhawono, Asep Toha, Basuki Eka Purnama, Bintang Krisanti, Christina Natalia S, Cornelius Eko, David Tobing, Denny Parsaulian Sinaga, Deri Dahuri, Dian Palupi, Dinny Mutiah, Dwi Tupani Gunarwati, Edwin Tirani, Edy Asrina Putra, Emir Chairullah, Eni Kartinah, Eri Anugerah, Fardiansah Noor, Fidel Ali Permana, Gino F. Hadi, Heru Prihmantoro, Heryadi, Ignatius Santirta, Iis Zatnika, Irana Shalindra, Irvan Sihombing, Iwan Kurniawan, Jajang Sumantri, Jerome Eugene W, Jonggi Pangihutan M., K. Wisnubroto, M. Soleh, Mirza Andreas, Mohamad Irfan, Muhamad Fauzi, Nurulia Juwita, Panca Syurkani, Raja Suhud V.H.M, Ramdani, Ratna Nuraini, Rommy Pujianto, Selamat Saragih, Sidik Pramono, Siswantini Suryandari, Sitriah Hamid, Sugeng Sumariyadi, Sulaiman Basri, Sumaryanto, Susanto, Syarief Oebaidillah, Thalatie Yani, Tutus Subronto, Usman Iskandar, Wendy Mehari, Windy Dyah Indriantari, Zubaedah Hanum Biro Redaksi: Dede Susianti (Bogor) Eriez M. Rizal (Bandung); Kisar Rajagukguk (Depok); Firman Saragih (Karawang); Yusuf

kutor permintaan klien, sang istri Artie menjadi nakhoda manajemen studionya. Manajemenlah yang mengalkulasi harga, mengoordinasi anggota tim lepasan yang digunakan di setiap sesi pemotretan, termasuk menetapkan perjanjian dengan kliennya. Penataan manajemen itulah yang luput dilakukan sebagai kawan seangkatannya. Kondisi kemudian diperparah dengan serbuan kamera digital yang dimulai sejak 2000. “Sebagian orang kini menggam-

Riaman (NTB); Baharman (Palembang); Parulian Manulang (Padang); Haryanto (Semarang); Widjajadi (Solo); Faishol Taselan (Surabaya) MICOM Asisten Kepala Divisi: Tjahyo Utomo, Victor J.P. Nababan Redaktur: Agus Triwibowo, Asnawi Khaddaf, Patna Budi Utami, Widhoroso Staf Redaksi: Heni Rahayu, Hillarius U. Gani, Nurtjahyadi, Prita Daneswari, Retno Hemawati, Rina Garmina, Rita Ayuningtyas, Yulia Permata Sari, Wisnu Arto Subari Staf: Abadi Surono, Abdul Salam, Budi Haryanto, Charles Silaban, M. Syaifullah, Panji Arimurti, Rani Nuraini, Ricky Julian, Vicky Gustiawan, Widjokongko DIVISI TABLOID, MAJALAH, DAN BUKU (PUBLISHING) Asisten Kepala Divisi: Gantyo Koespradono, Jessica Huwae Redaktur: Agus Wahyu Kristianto, Lintang Rowe, Regina Panontongan Staf Redaksi: Adeste Adipriyanti, Arya Wardhana, Handi Andrian, Nia Novelia, Rahma Wulandari CONTENT ENRICHMENT Asisten Kepala Divisi: Yohanes S. Widada Periset: Heru Prasetyo (Redaktur), Desi Yasmini S

pangkan fotografi. Di tengah kondisi itu, beberapa fotografer, karena sulit mendapat order, banting harga. Bayangkan, saat saya memulai pada 1990, seorang fotografer junior seperti saya mematok harga minimum Rp750 per shot. Kini pada 2011, harga per shot bisa Rp250 ribu,” kata Roy. Dalam menyikapi kondisi itu, Roy mengaku tetap berupaya konsisten mempertahankan kelasnya. Namun, klien-kliennya tetap setia dan papan yang menuliskan jadwal kerjanya tak

pernah kosong. Pasalnya, kualitas karya, kepatuhan pada tenggat, dan kepastian standar kerja dirasa sebanding dengan harga yang ditetapkan. “Tapi saya optimistis, tiga hingga lima tahun yang akan datang akan menjadi masa-masa yang bagus untuk fotografi komersial. Karena, lama-kelamaan orang akan menyadari risiko atas kualitas foto yang tidak terjamin, waktu yang enggak nguber, dan risiko-risiko lainnya,” kata Roy. (zat/M-3)

Bahasa: Dony Tjiptonugroho (Redaktur), Aam Firdaus, Adang Iskandar, Mahmudi, Ni Nyoman Dwi Astarini, Riko Alfonso, Suprianto ARTISTIK Redaktur: Annette Natalia, Donatus Ola Pereda, Gatot Purnomo, Marjuki, Prayogi, Ruddy Pata Areadi Staf Redaksi: Ali Firdaus, Ananto Prabowo, Andi Nursandi, Aria Mada, Bayu Wicaksono, Budi Setyo Widodo, Dharma Soleh, Endang Mawardi, Fredy Wijaya, Gugun Permana, Hari Syahriar, Haris Imron Armani, Haryadi, Lisa Saputra, Marionsandez G, M. Rusli, Muhamad Nasir, Muhamad Yunus, Nana Sutisna, Novi Hernando, Nurkania Ismono, Permana, Putra Adji, Tutik Sunarsih, Warta Santosi PENGEMBANGAN BISNIS Kepala Divisi Marketing Communication: Fitriana Saiful Bachri Kepala Divisi Marketing Support & Publishing: Andreas Sujiyono Asisten Kepala Divisi Iklan: Gustaf Bernhard R Asisten Kepala Divisi Sirkulasi-Distribusi: Tweki Triardianto Perwakilan Bandung: Arief Ibnu (022) 4210500; Medan: Joseph (061) 4514945; Surabaya: Tri Febrianto (031) 5667359; Semarang: Desijhon (024) 7461524; Yogyakarta: Andi Yudhanto (0274) 523167; Palembang: Andi Hendriansyah, Ferry Mussanto (0711) 317526, Pekanbaru: Bambang Irianto 081351738384. Telepon/Fax Layanan Pembaca: (021) 5821303, Telepon/ Fax

Iklan: (021) 5812107, 5812113, Telepon Sirkulasi: (021) 5812095, Telepon Distribusi: (021) 5812077, Telepon Percetakan: (021) 5812086, Harga Langganan: Rp67.000 per bulan (Jabodetabek), di luar P. Jawa + ongkos kirim, No. Rekening Bank: a.n. PT Citra Media Nusa Purnama Bank Mandiri - Cab. Taman Kebon Jeruk: 117-009-500-9098; BCA - Cab. Sudirman: 035-306-5014, Diterbitkan oleh: PT Citra Media Nusa Purnama, Jakarta, Alamat Redaksi/Tata Usaha/Iklan/ Sirkulasi: Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat - 11520, Telepon: (021) 5812088 (Hunting), Fax: (021) 5812102, 5812105 (Redaksi) e-mail: redaksi@mediaindonesia.com, Percetakan: Media Indonesia, Jakarta, ISSN: 0215-4935, Website: www. mediaindonesia.com, DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK, WARTAWAN MEDIA INDONESIA DILENGKAPI KARTU PERS DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA ATAU MEMINTA IMBALAN DENGAN ALASAN APA PUN


B EDAH EDITORIAL

SABTU, 27 AGUSTUS 2011

EDITORIAL

19

Editorial @

26 Agustus 2011

Semoga Jadi Pelajaran

Pelajaran dari Libia

R

EVOLUSI Arab yang berkobar sejak akhir 2010 lalu terus memakan korban. Setelah Zine El Abidin Ben Ali di Tunisia dan Hosni Mubarak di Mesir, kini giliran Moamar Khadafi di Libia harus kehilangan kekuasaan. Memang, pemimpin yang sudah memerintah selama 42 tahun itu secara de jure belum menyerah. Tapi secara de facto, kekuasaan Khadafi sudah habis setelah jatuhnya ibu kota, Tripoli, ke tangan pemberontak yang melawan kekuasaannya sejak enam bulan silam. Masa depan Libia kini ada di tangan rakyat negeri berpenduduk sekitar 6,5 juta jiwa itu. Mereka ditantang untuk mewujudkan pemerintahan demokratis yang merupakan masalah pelik karena mereka tidak mempunyai pengalaman dalam berdemokrasi. Selama Khadafi memimpin, hampir tidak ada organisasi masyarakat yang terbentuk, media oposisi diberangus, dan kebebasan berpendapat dibungkam. Khadafi menjalankan pemerintahan dengan logika kebenarannya sendiri sambil terus-menerus menegasikan suara rakyat.

Tumbangnya Khadafi mengirim pesan nyata bahwa kemakmuran yang digerakkan dengan tirani tanpa mendengar suara rakyat hanya meninggalkan bom waktu. Siapa yang menyangka rakyat Libia akan marah padahal mereka bangsa yang kaya? Penghasil minyak terbesar ketiga di Afrika, setelah Nigeria dan Angola, ini memiliki cekungan Sirte yang merupakan penyokong terbesar produksi minyak Libia. Cekungan tersebut mengandung 44 miliar barel atau sekitar 80% dari cadangan minyak negara itu. Cadangan cekungan itu merupakan yang terbesar di Afrika. Pada 2009, produk domestik bruto Libia sebesar US$62,36 miliar. Dengan penduduk yang hanya 6,5 juta, pendapatan per kapita negeri itu sudah mencapai sekitar US$12 ribu. Angka yang sangat tinggi bila dibandingkan dengan pendapatan per kapita Indonesia yang pada 2010 baru US$3.000. Semua itu menegaskan bahwa suara rakyat tetaplah kekuatan terbesar. Mengabaikan, apalagi mengingkari suara rakyat adalah jalan cepat menuju keruntuhan. Karena itu, konsistensi untuk terus bekerja demi rakyat dan

SEMOGA bisa jadi pelajaran buat para pemimpin kita. Tapi sorry, teman-teman jangan meniru rakyat di Libia, ya. Yazid Barry

Gaya Hidup Bodoh MENIRU gaya hidup Khadafi sama dengan meniru gaya hidup orang bodoh. Ecca Putra

Tidak Tenang PEMIMPIN yang rakus kekuasaan dan sering membohongi rakyat, di akhir kekuasaannya, pasti tidak tenang karena diteror rakyat akibat janji yang tidak pernah ditepati (bohong). Libertus Haleng

Diinjak Marah SEMUT pun akan marah kalau diinjak. Agus Kasiyanto

Jangan Bermain Janji RAKYAT adalah suatu komunitas terbesar dalam jagat raya, jangan bermain janji tanpa ada fakta. Jika tak mau rugi, jangan mengumbar janji yang akhirnya mati mengubur diri sendiri. Sandi Barmanaputra

selalu mendengar keluh kesah rakyat merupakan keniscayaan bagi para penguasa di mana pun di kolong langit. Jangan pernah meremehkan rakyat, apalagi membohongi mereka dengan janji-janji yang tidak kunjung ditepati.

Pemimpin Harus Sadar

SENO

Pemberontak atau Pejuang

Jelas Bedanya

SESUNGGUHNYA sebutan yang pas untuk rakyat Libia yang melawan tirani Khadafi itu apa? Mereka memberontak sekaligus berjuang memerdekakan diri dari jajahan pemerintah tiran. Meski dikaruniai kekayaan yang melimpah, dengan besarnya pendapatan per kapita tidak selalu menjamin mulusnya kekuasaan yang otoriter. Amat

SUARA rakyat di negeri ini tidak diabaikan termasuk suara palsu rakyat. Mengkritik pemerintah dari mulai sopan sampai tak beradat semua dibebaskan malahan kalau direspons sedikit saja. Maka ‘suara rakyat’ itu akan berteriak lebih garang lagi. Jadi apa lagi yang dikhawatirkan, tinggal dinilai saja suara rakyat itu murni atau bertujuan buruk. Harus hati-hati. Bungdamai

Tidak Bisa Dibandingkan KHADAFI memerintah 42 tahun, SBY baru 7 tahun. Pemerintahan/rakyat Libia tidak berpengalaman demokrasi, Indonesia berpengalaman 13 tahun. Selama Khadafi memimpin, tidak ada ormas terbentuk, media oposisi diberangus, dan kebebasan berpendapat dibungkam, di Indonesia justru ormas tumbuh subur, puluhan parpol lahir, media/masyarakat

bebas berpendapat, tidak satu pun media yang diberangus. Khadafi menjalankan pemerintahan dengan tirani, sedangkan SBY justru terus bekerja demi rakyat. Jiwa

Berpusat di APBN BAYANGKAN APBN Libia, pasti gelimangan uang minyak itu jatuh ke birokrasi kerajaan, dan rakyat tentu saja marah oleh karena tidak menikmati hasil minyaknya.

TRAGEDI Libia jangan sampai terjadi di negara ini, mudah-mudahan para pemimpin kita sadar akan dosa-dosa yang telah mereka perbuat, jika mereka tak mau negara ini seperti Libia. Fahri Arma

Lantas ke mana ‘uang’ itu? APBN RI meski angkanya tidak fantastik seperti Libia, punya kemiripan, yaitu probirokrasi/belanja pegawai negeri alias rakyat tidak menikmati. Oleh karena itu, politisi kita terutama DPR tolong APBN-nya dibalik 80% untuk rakyat(pembangunan) dan 20% untuk birokrasi/belanja pegawai. Apa tunggu revolusi lagi di sini? Rudy Capelle

Mengingkari Janji ABU Hisyam as-Silmi berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Kalian akan dipimpin oleh para pemimpin yang mengancam kehidupan kalian. Mereka berbicara (berjanji) kepada kalian, kemudian mereka mengingkari (janji mereka).” Yusal Piansyah

Adegan Patgulipat

Jangan Semena-mena terhadap Rakyat LIBIA jelas dibenci negaranegara Barat dan Amerika, contoh saat ini negara-negara yang berasaskan Islam dihancurkan oleh Barat dan Amerika karena ada kebencian dan alasan demokrasi, serta HAM. +6281352814xxx

LIBIA contoh untuk Indonesia. +6285312001xxx

WAKIL rakyat sekarang bukannya memakmurkan masyarakat, malah jadi maling alias rampok. +6285252338xxx

SUMBER daya alam Indonesia memang besar, tapi Indonesia belum sepenuhnya mampu mengolahnya. +6281354017xxx

FORUM

JANGAN terlalu ngurusin negara orang, negara kita sendiri di ambang kehancuran, ambil contoh yang baiknya saja! +6282158323xxx

NEGARA bagaikan bayi, mau dijadikan apa tergantung bapaknya. +6282158597xxx

dari masa lalu. Yang penting para pengelola negara mau merasakan apa yang dirasakan rakyat. +6281254396xxx

PEMERINTAHAN sekarang adalah tirani diktator. Itu hasil eksekutif-legislatif berkoalisi di segala bidang. +628125556xxx

LIBIA bergolak! Ingat, jangan sampai pemerintahan yang baru jadi tunggangan negara Barat. +6282194891xxx

PARA pejabat di tingkat bawah hingga atas tidak perlu belajar ke Libia, tapi cukup belajar

INDONESIA harus becermin dari Libia. Kalau pengen negaranya damai, presiden dan elite

Kirimkan keluhan dan komentar Anda tentang pelayanan publik ke e-mail: forum@mediaindonesia.com

politik jangan semena-mena terhadap rakyat. +6285345599xxx DIAMNYA rakyat karena merasa haknya teraniaya, jauh lebih berbahaya daripada revolusi. +628124290xxx

S

saya sertakan foto orang yang sakit tersebut serta saya kirim via pos dan e-mail. Kalau memang saya menipu, kenapa tidak melihatnya langsung ke alamat yang saya sertakan? Setelah upaya itu saya lakukan dan tidak ada hasilnya, saya kirim SMS ke 9949. Saya kirim tidak hanya sekali, berkali-kali sampai saya sendiri tidak tahu berapa kali. Tapi sudah berbulan bulan juga tidak ada respons dari Presiden. Jadi, saya merasa dibohongi saja dengan nomor tersebut. Itu hanya untuk pelengkap dan pemanis. “Ini lo ada nomor, rakyat bisa mengadukan masalahnya....” Tapi untuk apa? Hanya menghabiskan pulsa karena tidak akan mendapat respons. Perlu diingat bahwa keluarga saya yang sakit itu dahulunya adalah orang yang taat membayar pajak. Dia rajin bayar pajak, bahkan jarang sekali telat. Pernah telat dan enggak lama mendapat teguran dari kantor pajak. Tapi akhirnya dibayar juga karena takut ancaman pidana. Sekarang, setelah semuanya berubah, sudah tidak punya apa-apa, kerja juga tidak bisa, mengajukan Jamkesmas saja susahnya minta ampun. Hanya mendapat kata-kata sinis

Berpikir Positif RAKYAT pun harus berpikir positif, jangan negatif terus, ya. Bagaimanapun, sulit mengendalikan sebuah negara dengan keanekaragaman sifat di dalamnya. Segala macam toleransi pasti terjadi agar tercipta sebuah perdamaian. Juda Sumowisastro

RAKYAT tidak percaya lagi kepada pemerintah, sebab sama sekali tidak memperhatikan rakyatnya. +6282156051xxx

Kirimkan komentar Anda atas tema Arus Mudik Mulai Mengalir, Waspadai Titik Rawan Kecelakaan (periode 22 - 27 Agustus 2011) ke: opini publik di mediaindonesia.com

Sulitnya Mengurus Jamkesmas, ke Mana Mengadu? EBENARNYA ini hanya sebuah keluh kesah dan kekecewaan saya terhadap pemerintahan sekarang ini. Enggan rasanya meminta belas kasihan dari pemerintah dengan permasalahan keluarga kami. Akan tetapi, saya menganggap ini sudah sangat keterlaluan. Kenapa? Sebab, beberapa tahun belakangan ini ada keluarga saya yang sakit dan butuh sekali perawatan ke RS. Ia sudah pernah dirawat di RS. Namun karena kehabisan biaya akhirnya hanya dirawat di rumah tanpa perawatan medis. Keluarga saya mengalami syaraf terjepit yang menyebabkannya lumpuh. Beberapa hal yang sudah saya lakukan antara lain mengajukan Jamkesmas sampai dua kali, tapi yang saya dapatkan hanya sikap sinis dari Kasubankes. Lalu, saya mencoba mengirim surat ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Saya kirim dua kali juga. Saya memberanikan diri mengirim surat ke Baznas karena mendengar berita Baznas sudah memberikan bantuan ke luar negeri sampai miliaran rupiah. Tapi sayang, Baznas juga tidak merespons surat dari saya, padahal alamat surat jelas, ada nomor ponsel, dan

TOKOH agama telah merilis dan mengendus kebohongan-kebohongan pemimpin RI. Kita juga dipertontonkan adegan patgulipat hukum dan politik, rusak ikan mulai dari kepalanya. Amruddin

(“Itu bukan wewenang saya”) yang saya dapatkan saat mengajukan Jamkesmas. Apa wewenangnya hanya baca koran dan minum kopi di kantor saat jam kerja? Atau, berangkat telat dan pulang cepat? Jika setelah surat ini saya tulis ternyata ada petugas/pejabat pemerintah yang datang ke tempat saya, saya akan tunjukan suratsurat pengajuan Jamkesmas yang ditolak itu, yang saya dapatkan mulai dari desa, puskesmas, hingga kecamatan. Tapi sepertinya mustahil, mana ada pejabat yang sudi memberi perhatian kepada rakyat? Kalau di-shoot kamera wartawan atau akan pemilu baru mereka

melakukannya, biar kelihatan maksud mereka. Lant a s , apakah rakyat h a n y a menjadi sapi perah u n t u k pemerintah? Ketika sehat dipaksa membayar pajak, setelah s a k i t dibuang s a j a ? Sebagai rakyat kecil, SENO saya harus mengadu ke mana? Terus terang saja, saya jadi berpikir, buat apa harus bayar pajak? Sebab, jika si wajib pajak sudah tidak punya apa-apa karena sakit/terkena musibah, pemerintah egois dan tidak mau membantu. Mereka hanya mengandalkan UU yang tidak berpihak pada rakyat. “Pokoknya kalau

You tidak mau bayar pajak, You saya penjara!” Itu yang ada di undang-undang. Tapi, apa yang bisa dituntut rakyat setelah menderita? Padahal dahulunya dia adalah orang yang taat pajak? Bisakah dia mengatakan hal yang sama atau memenjarakan pemerintah? Mustahil jika bisa. Polisi saja tidak berani berurusan dengan pejabat pemerintah, walaupun dalam UUD 45 dikatakan, ‘Fakir miskin dan anak telantar dipelihara oleh negara’. Itu hanya untuk pemanis. Yang dipelihara oleh negara hanyalah para pejabat dan abdinya. Mau bukti? Ini faktanya, jika ada pejabat yang sakit, dia akan dibiayai oleh negara, bahkan untuk PNS golongan terendah sekalipun, yang sudah pensiun pasti akan dipelihara oleh negara sampai akhir hayat. Lantas, kenapa pasal itu tidak diganti saja menjadi, ‘Pejabat negara dan para abdinya dipelihara oleh negara’. Bukankah itu yang sudah berjalan sampai sekarang? Rakyat kecil bagaimana? Catur Sigit Nugroho Desa Mulyosri RT 3/1 Kecamatan Prembun Kabupaten Kebumen Jawa Tengah 54394

Minta Penjelasan soal Nomor Pascabayar Bekas Pakai

P

ADA 6 Agustus 2011, saya berniat mengonversi nomor telepon seluler prabayar 08581078xxxx menjadi nomor pascabayar di Galeri Indosat Depok. Karena nomor tersebut belum bisa dikonversi, petugas menawarkan beberapa nomor pascabayar dan secara acak saya memilih nomor 081677xxxx. Sesuai dengan yang dijanjikan, nomor tersebut aktif pada 8 Agustus 2011 dan sejak hari itu pula saya langsung menerima telepon bertubitubi yang mencari seseorang dengan inisial AF. Yang paling sering menelepon adalah sebuah bank swasta nasional. Juga, ada SMS yang menanyakan kabar dari nama yang bersangkutan. Belum lagi SMS tawaran kredit. Bagaimana mungkin nomor yang baru saja aktif langsung menerima telepon dan SMS? Pada 12 Agustus 2011, saya menghubungi customer support via nomor 111 dan diterima Sdr Lia, yang tidak bisa memberikan support apa pun. Keluhan saya dicatat dengan

complaint number 1-437356xxxx. Saya juga mengirim e-mail melalui situs dan tidak ada jawaban sampai hari ini.

Sesuai dengan yang dijanjikan, nomor tersebut aktif pada 8 Agustus 2011 dan sejak hari itu pula saya langsung menerima telepon bertubi-tubi yang mencari seseorang dengan inisial AF.” Saya ingin menanyakan apakah provider telah menjual nomor pascabayar bekas kepada saya. Bayangkan, bila menjual nomor bekas di gerai resmi! Saya meminta solusi segera karena telepon yang bertubi-tubi itu telah mengganggu ketenangan saya. Dadi Krismatono Kompleks Pelni Blok I-4 Sukmajaya Depok 16418


20

J ADWAL FILM

SABTU, 27 AGUSTUS 2011

RESENSI

P

ERJALANAN para robot Tranformers kini berkaitan dengan kehidupan masa lalu di Bumi. Dalam film Transformers: Dark of the Moon ini kisah dimulai ketika pesawat Apollo 11 mendarat di Bulan pada 20 Juli 1969. Saat misi pendaratan itu, para astronaut tiba di tempat yang jaraknya cukup jauh dari Bulan, dan tiba-tiba komunikasi antara mereka dan Bumi terputus. Mereka kemudian mendapati keberadaan sebuah pesawat asing yang tampaknya mendarat darurat. Di saat mereka tengah mengira-ngira apa yang sedang terjadi, terlihatlah sosok robot Transformers sebagai isyarat bahwa mereka bukan satu-satunya makhluk hidup di planet itu. Misi Apollo 11 menemukan sesuatu yang dirahasiakan sejak

lama, yaitu tentang pesawat ruang angkasa raksasa dengan robot besar di dalamnya? The Ark, nama kapal itu, adalah harapan terakhir planet Cybertron yang dipimpin Sentinel Prime yang Agung. Itulah rahasia yang disimpan Neil Armstrong (Don Jeanes) dan Buzz Aldrin (Cory Tucker) selama berpuluh-puluh tahun. Nah, bagaimana pula jika Chernobyl yang tercemar nuklir itu ternyata adalah sarang alien berwujud raksasa untuk mewujudkan misi rahasia besar--di antaranya membunuhi para ilmuwan yang terlibat dengan misi NASA 1969)--yang dijaga oleh robot gagak keren bernama Shockwave? Gaya teori konspirasi macam itu diperkaya dengan footage dari kejadian nyata, mulai dari pidato John F Kennedy (1961, kala masih berupa konsep), Richard Nixon (1969, peluncuran Apollo

Akhir Kisah Planet Cybertron

11), hingga Obama (ketika sang tokoh utama mendapatkan medali darinya). Boleh dibilang, itulah kelebihan film duet sutradara Michael Bay dengan produser Steven Spielberg ini. Bukan hanya itu, film ini juga ditunggu-tunggu karena permainan animasinya yang begitu canggih. Lihat Bumblebee kini menjadi 2011 Chevrolet Camaro, dan Sideswipe berubah menjadi Chevrolet Centennial Corvette Convertible. Atau, para autobot mini yang bisa berubah menjadi laptop. Dan jangan lewatkan ketika gedung-gedung di Kota Chicago dan Washington DC runtuh karena pertempuran antarrobot. Di sini, tokoh utama Sam Witwicky (Shia LaBeouf) yang baru lulus kuliah adalah pecundang yang diperlakukan senista mungkin-tentu saja untuk mendapatkan simpati

dan belas kasihan dari para penonton. Film Transformers: Dark of the Moon juga akan memuat kisah cinta Sam dan kekasih barunya, Carly (Rosie Huntington-Whiteley). Setelah putus dari Mikaela Banes (Megan Fox), Sam bertemu dengan Carly, asisten yang bekerja di Kedutaan Besar Inggris di Washington. Mereka menjalin kasih dan tinggal bersama. Namun, kedekatan Carly dengan bosnya, Dylan (Patrick Dempsey), akan membuat Sam merasa tersaingi. Bagaimana soal cerita? Boleh dibilang biasa-biasa saja. Namun, memang film ini boleh jadi bukan menjual cerita, melainkan teknikteknik animasi dan gambar yang mengagumkan. Didukung dengan format 3D, film ini memang makin asyik untuk dinikmati. (Eri/M-1)

ACARA TV ACARA HARI INI

SABTU, 27 AGUSTUS 2011

04.28 Opening New Day 04.30 Inspirasi Ramadan 05.05 Metro Pagi 06.00 Headline News 07.00 Headline News 07.05 Bedah Editorial Media Indonesia 08.00 Headline News 08.05 Agung Sedayu Group 08.30 Agung Sedayu Group 09.00 Headline News 09.05 Indonesia Now 09.30 VOA Snapshots 10.00 Headline News 10.05 Dulux Inspire 10.30 Metro Xin Wen 11.00 Headline News 11.05 Oprah Winfrey Show 12.00 Headline News 12.05 Metro Siang 13.00 Headline News 13.05 Spirit Football 13.30 Expedition 14.00 Headline News 14.05 Just Alvin 15.00 Headline News 15.05 Super Nanny 16.00 Headline News 16.05 The Light of Indonesian Islam 16.30 Ensiklopedia Islam 17.00 Headline News 17.05 Ensiklopedia Islam 18.00 Headline News 18.05 Metro Hari Ini 18.30 Metro Highlights 19.00 Headline News 19.05 Metro Files 20.00 Headline News 20.05 Documentary 21.00 Headline News 21.05 Top Nine News 21.30 World Cinema 22.00 Headline News 22.05 World Cinema 22.30 World Cinema 23.00 Headline News 23.05 World Cinema 23.30 Metro Sport 00.00 Headline News 00.05 Metro Malam 00.30 Metro Malam 01.00 Headline News 01.05 Indonesia Now 01.30 Spirits Football 02.00 Headline News 02.05 Rachael Ray Show 02.30 Metro Highlight 03.00 Headline News 03.05 Tafsir Al Mishbah 04.00 Headline News 04.05 Sukses Syariah

04.30 Indonesia Berdoa:

Nurulssalam 05.30 Warta Nusantara 06.00 Warung Pesisir 06.30 Siaran Pendidikan 07.30 Budi dan Kerti 08.00 Sinetron Anak 08.30 Kuis Pintar: Pesona Matematika 09.00 Pesona Budaya Nusantara 09.30 Daerah Membangun 10.00 Monitor Olahraga 10.30 Mimbar Agama Protestan 11.00 Warta Siang 12.00 Pigura 12.30 Lingkungan Hidup 13.00 Salam dari Desa 14.00 Dialog Nakertrans 15.00 Pentas Budaya 16.00 Parlementaria 17.00 English News Service 17.30 Film Seri: Oshin 18.00 Suara Perempuan 19.00 Warta Malam 20.00 Sinetron 20.30 Suku-Suku 21.00 Bincang Malam 22.30 Warta Dunia 23.00 Indonesia Bermusik 00.30 Pentas Tradisi 01.30 Warta Terakhir

04.35 Untaian Kisah Ramadhan 04.45 Adzan Subuh Reguler 06.00 Lintas Pagi 07.00 Animasi Spesial 07.30 Disney Club 09.00 Cerita Pagi 10.00 Lintas Peristiwa 10.30 Kribo 11.00 Sidik 11.30 Lintas Siang 12.00 Layar Kemilau 14.00 Layar Spesial 14.30 Zona Juara 15.30 Animasi Spesial 16.00 Animasi Spesial: Little Krishna 16.30 Animasi Spesial: Bernard Bear 17.30 Upin & Ipin dan KawanKawan 18.00 Adzan Maghrib 18.30 Animasi Spesial: Bernard Bear 19.00 Animasi Spesial: New Oscar’s Oasis 20.00 Upin & Ipin dan KawanKawan 21.30 Akhirnya Datang Juga 22.30 Sinema Utama Keluarga 22.00 Tawar-Tawar Tawa 23.00 Sinema Pilihan 00.00 Lintas Malam 01.00 Galaxy Kumpulannya Para Bintang 02.00 Musik Pilihan

02.45 Lintas Malam 03.15 Obat Malam

02.30 Lanjutan UFEA Super Cup Fc Barcelona vs Fc Porto (Live Monaco) 03.45 Sahur Semua Sahur (Live) 04.45 Cerita anak Langitan RR 05.15 Seputar Indonesia Pagi 05.45 Go Spot 06.30 Tom and Jerry 07.30 Saladin 08.00 Crayon Sinchan 08.30 Dahsyat Weekend (Tape) 11.30 Intens 12.30 Film Keluarga The Little Vampire 15.00 Seputar Indonesia 15.30 Masterchef Indonesia Final 3 (RR) + Kultum 18.00 Mega Sinetron Ramadhan Dari Sujud Ke Sujud 19.00 Mega Sinetron Putri Yang Ditukar 20.30 Mega Sinetron Anugerah 22.30 Box Office Movie Transporter 3 01.00 Film Tengah Malam Cintaku Dibalik Gitar

03.00 Musik Klik! 04.00 Cahaya Hati 04.30 Topik Pagi 05.30 Lensa Olahraga 06.00 Kartun: Abu the Little Dinosaur 06.30 Kartun: The Adventure of Little Carp 07.00 Kartun: Pororo the Little Penguin 07.30 Kartun: Jurassic Cubs 08.30 Espreso 09.30 Sinema Religi 11.30 Topik Siang 12.00 Musik Klik 13.00 Tawa Sutra XL 14.00 Kartun: Armor Heroes 14.30 Street Football 15.00 Djarum Indonesia Super League 17.30 Topik Petang 18.00 Seleb Ngamen 18.30 Kuis: Family 19.30 OMG 20.30 Tawa Sutra 21.30 Sinema Aksi 23.30 Lensa Olahraga 00.00 Topik Malam 00.30 Makmur (Makin Malam Makin Murah)

04.30 Liputan 6 Pagi 06.00 Was Was 07.00 SCTV Musik Inbox 09.00 Hot Shot 10.00 SCTV FTV Pagi

12.00 Liputan 6 Siang 12.30 Film Layar Lebar 15.00 SCTV FTV Sore 17.00 Liputan 6 Petang 17.30 SCTV Sinetron “Calon Bini” 19.00 SCTV Sinetron “Islam KTP” 21.00 SCTV Sinetron “Pesantren & Rock ‘N Roll” 22.30 Sinema Wajah Indonesia 00.30 Sigi Investigasi 01.00 SCTV Sinema Malam 03.00 Sinetron Dini Hari 04.00 Kata Ustad Solmed

05.00 Mamah dan Aa 06.00 Fokus Pagi 07.00 Kartun 08.00 Sinetron 09.30 FTV Drama 11.30 Patroli 12.00 Fokus Siang 12.30 Happy Song 14.30 Kiss Sore 15.30 Film Seri 17.00 Sinetron 18.00 Sinetron 19.00 Take A Celebrity Out 20.00 Antara Cinta dan Dusta 21.00 Cinta Fitri 22.00 Sinema Asia 00.00 Fokus Malam 00.30 Film Seri 02.30 Sinetron 03.30 Sinetron 04.30 Aku Ingin Tahu

02.00 Sketsa Ramadhan 02.30 Saatnya Kita Sahur 04.30 Reportase Pagi 05.30 Perjalanan Islam Indonesia 06.00 Halal 06.30 Insert Pagi 07.00 Riwayat 07.30 Wisata Kuliner 08.00 Gula Gula 08.30 Koper dan Ransel 09.00 Ceriwis 10.15 Ala Chef 11.00 Insert Siang 12.00 Benu Belu 12.30 Ngulik 13.00 Online Weekend 13.30 Peppy the Xplorer 14.00 Ethnic Runaway 15.00 Investigasi Selebriti 15.30 Reportase Sore 16.00 Bukan Puasa Biasa 16.30 Pintu Surga 17.30 Jika Aku Menjadi Ramadhan 18.45 Kultum Alkisah 19.00 Sketsa

19.30 Pengabdian 20.00 Termehek-mehek 20.45 Malam Deportasi Big Brother Indonesia bersama simPATI 22.15 Bioskop Trans TV “On Deadly Ground” 00.15 Bioskop Trans TV “Doom”

04.30 Dunia Kartun 05.30 Jalan Sesama 06.00 Sport 7 Akhir Pekan 06.30 Redaksi Pagi 07.30 Selamat Pagi 08.30 Cooking in Paradise 09.00 Suamiku Hebat 09.30 Happy Holiday 10.00 Opera Anak 11.00 Asli Enak 11.30 Redaksi Siang Akhir Pekan 12.00 Selebrita on the Weekend 12.30 Si Bolang Jalan-Jalan 13.00 Buku Harian Si Unyil 13.30 Galeri Sepak Bola Indonesia 14.15 One Stop Football 15.00 Basecamp 15.30 Mancing Mania 16.30 Redaksi Sore 17.00 Paradiso 17.30 Tahu Rasa 18.00 Benar-Benar Unik 18.30 Wara Wiri Weekend 19.00 Gara–Gara Magic 20.00 Beauty & Azis 21.00 Pas Mantab 22.00 Scary Job Sabtu 22.30 Pemberani 23.30 Horror

00.00 Kabar malam 01.00 Debat 02.00 Documentary One 03.00 Jejak Islam 03.30 Titian Qolbu 04.30 Kabar Pagi 06.30 Apa Kabar Indonesia 08.30 Fakta & Data 09.00 Kabar 9 09.30 Kabar Pasar 10.00 Nuansa 1000 Pulau 10.30 Keliling Indonesia 11.00 Opini 12.00 Kabar Siang 13.00 Kabar Keadilan 13.30 Expose 14.00 Debat 15.00 Kabar 15 15.30 Kabar Pasar 16.00 Menyingkap Tabir 17.00 Kabar Hari Ini 17.30 Kabar Petang 19.30 Satu Jam Lebih Dekat 20.30 Titik Rawan 21.00 Apa Kabar Indonesia Malam 22.30 Local Documentary

23.00 Kabar Arena 23.30 Kabar Arena

04.30 Jejak Kebesaran 05.00 Kartun: Dora the Explorer 05.30 Kartun: Chalkzone 06.00 Kartun: Spongebob 06.30 Kartun: Spongebob 07.00 Kartun: Spongebob 07.30 Kartun: Spongebob 08.00 Avatar 08.30 Avatar 09.00 Avatar 09.30 Mong 10.30 Tamu Gokil 11.00 Abdel dan Temon Bukan Superstar 12.00 Awas Ada Sule 13.00 Gadis Petualang 13.30 Genie 14.00 One Cubed 14.30 Kartun: The Biggest Looser 15.30 Berita Global 16.00 Kartun: SpongBob Squarepants 17.00 Kulkas 2 pintu 18.00 Kartun: SpongBob Squarepants 18.30 Kartun: SpongBob Squarepants 19.00 Awas Ada Sule Prikitiew 20.30 Big Movies II 23.00 Big Movies III 01.00 MTV Ping 02.00 Big Movie 04.00 Maka XI

04.30 Silaturahim 05.00 Medika Natura (Live) 07.00 Mahakarya Agung Sedayu 07.30 Lejel 08.00 Medika Natura 09.30 Lejel 17.00 Movie Freaks 17.30 Tiga Rasa 18.00 Asean Basketball League 20.00 Kok Bisa 20.30 Fokus Pekan Ini 21.30 Jakarta Bersepeda 22.00 Roti Bakar 23.00 Jalan-Jalan Seru 23.30 This Is Your Time 00.30 Ketawa-Ketiwi (Live) 01.30 Off Air

04.30 Titian Iman 05.00 DKI-15 05.30 O–Clip 06.00 Music Mix 06.30 O Shop 07.30 TV Mart 08.00 O Shop 08.30 Lejel Home Shopping 09.30 Jaco Home Shopping 10.00 DRTV 10.30 O-Shop

11.00 EZ Shop 11.30 O-Shop 12.00 Rekomendasi 12.30 EZ Shop 13.30 O Shop 14.00 Jakarta Mix 14.30 DRTV 15.00 Natural Therapy 15.30 EZ Shop 16.00 Mak Comblang 17.00 Lejel Home Shopping 17.30 Jaco Home Shopping 19.00 Lejel Home Shopping 19.30 Sparkling Asia Piano 21.00 Loelebay 22.00 Funorama 23.00 Solusi Life 23.30 O-Clip 00.30 O-Shop After Midninght Shopping

04.50 Dongeng Pagi 05.00 TV E 05.35 Max & Ruby New Season 06.10 Mr Moon 06.50 Anak Juara 07.30 Panggung Durian 08.00 Hakasima Home Shopping 08.35 Sehat Bersama Herbal 09.30 DR TV 10.05 Toopy & Binoo 10.40 Franklin 11.20 Kung Fu Story of Taiji Panda 12.00 Ninja Hatori New Season 12.40 Daigunder 13.20 Pintar Menggambar 13.55 Miss Spider’s Sunny Patch Friends 14.30 Pinguin 15.00 Tamasya Ke PantiAsuhan 15.35 Quiz Me Science 16.00 Generasi Qur’an 16.30 Super Shopping 17.00 Ayo Main Go For Speed 17.30 Santri Zone 17.45 Peci Si Alif (Kultum) 18.05 Santri Zone (lanjutan) 18.20 Tutut Si Mulut Besar 18.55 Music Chic 20.00 The Song of Tentomushi 20.35 Dragon League 21.10 Sehat Bersama Herbal 22.10 Let’s & Go Max * Acara TV Sewaktu-waktu Dapat Berubah

J ADWAL SALAT DK I J a k a r ta & Se k i ta r nya Subuh ........... 04.39 Zuhur ............ 11.56 Asar ............. 15.16 Magrib ........... 17.56 Isya .............. 19.05


K lasifa

SABTU, 27 AGUSTUS 2011

21

INDEKOST Ko s t 1 k m r b i s a 2 o r g , A C S p l i t , Ex.pan ,Lemari, S.Bed, Rak TV, 550rb/ bl. Jelambar Selatan 6 No.16, Rt.6/4. Telp. 33377792 - 70009996.

KERJASAMA A BEST DEAL 6,25%/Th, tkr BPKB lsng cair sd 100 M, Undur 50 hr, Free 5Jt,Metro Platinum mnra Kuningan LG. 45851381 - 83 / 30015924-25.

LOWONGAN Dicari segera Sales Ex.Pengalaman min 2thn dibidang Property, Fas.Gaji & komisi. Hub. 0818107637.

MUSIK Dijual*** Piano/Grand Piano***Merk Yamaha, Kawai, Petrof & merk2 lain***Hub: Petrof Piano Cideng,Jl.Cideng Timur No.52, Telp.38900602 / 3860200.

PAKAIAN PAMERAN JAS ITALY! Rp. 299,900 - Rp.999,900 (Biasa Rp.3Jt-Rp.8Jt)! Wool-cashmere&wool-silk/18 warna/ ukuran lengkap/made in Italy/Armaniversace-Boss-D.Trump-L.Paciotti-Dll! Di:FASHIONMART (Hotel Prapanca),Jl. Prapanca Raya 28-31, Kbyrn Baru,Jaksel. Buka 10-20WIB.Tlp.72801735.

PELUANG USAHA Bisnis emas paket Ramadhan dng hasil >500rb/hr.Lsg msk rekening Anda hny dg modal 100jt.Garansi Bank 085.888.798899 / 02137828772.

PERHIASAN STAR ARLOJI ,BELI JAM bks/berlian dgn hrgTgg ROLEX,BULGARI,OMEGA,BREITLING,dll,Hub:Bp. TONY 392 9079,0812 9455 198 Apt MentengPrada Lt. 1 No.2J dpn St.Cikini (Dtg ke tmpt).

RUMAH DIJUAL Dijual GUDANG+RUMAH 3lt, LT.1030m2, LG 6610m2, LR90m2x3lt. Listrik 53.000w. Mustika Sari Bantar Gebang Bks-Tim. Serius 021-82606220. Dijual rumah di Perum Taman Buana Persada Kav D Nomor 4, Jln.Ratna Jatiasih,Jati Kramat, LT. 210 m, LB.110 m,3 KT,3 KM,1 K.Pembt. Hrg 700 Jt (nego) telp.021- 70734468 / Ibu Hadijah.

TANAH DIJUAL BA LI....D ijual Tanah di Pererenan Canggu Bali, 30 + 27 are - 158 jt/are, http://balicanggu.wordpress.com

TOUR & TRAVEL Trvl buka 24 jam, ticket pesawat,Pelni, kereta, Bus, L300, Urus paspor, Asuransi, Hotel, Tour , Hub.: 3903652, 3903644.

555

P R O P O S I S I B I O G E O G R A F I

I O N I R A A P E N P E N A A D B O B O R N I L A A D P M B A S E R U O O M I N G U S I L A I J O N U R S A T A A L A M I V E R R A D E N D U T C N I A S A N A B I R U R G E L N T I K U U U I N A M P A S A K S

T I M U S M M A M U K A E

E K S P A S T U S E U P E I R O S H I U N D I A N N

A N T E S R P I S O D E R N M O T I N G S K O B L R R I A R I N G B I A N E L A T A N R N I K A N G A I S L L M I D O L E K S A H M T A H E L E M E A N G P E L N O N S D A P A J A K A N

PEMENANG MEDIA UTAK-ATIK 555 Terbit tanggal 14 Agustus 2011

1. Kasjmir

PAJAK HADIAH 25% DITANGGUNG PEMENANG. Hadiah dikirim via wesel pos.

2. Debby Rizky Isnia

Jl. Gambang II No.278 Depok II - Tengah Depok - 16411

Jl. Raya Cilandak Gg. Mangga No. 47A, KKO Komp. Utan, Ragunan. Jakarta - 12550

3. Alvin Azwar SH Jl. Rancamanyar I / 29

S E S N S I A I G A W K A N L E S P G I O A N R U A S

D E N E J O P O T A S I S A R M O O S E M F A E N O N D A D I A K D U K U A L A M U U

Turangga, Bandung-40275

4. Ninin Asriani Jl. Gg. Rambutan No.196 RT.03, Kel. Kacang Pedang Pangkal Pinang Bangka Belitung - 33125

5. Wiwin Lisetiawati Graulan RT 05/RW 03 Giripeni, Wates Kulon Progo Yogyakarta - 55612


W HERE TO GO MEDIA INDONESIA | SABTU, 27 AGUSTUS 2011 | HALAMAN 22

Set Your Goals Siap Tampil di Jakarta Jakarta menjadi destinasi awal dalam tur dunia band pengusung aliran melodic hardcore dan skate punk, Set Your Goals. IWAN KURNIAWAN

K

EHADIRAN Set Your Goals di Jakarta, yang dijadwalkan sebagai tur dunia, membuktikan mereka memiliki penggemar berat di Tanah Air. Tak berlebihan bila tata panggung yang elegan siap menyambut band tersebut. Kelompok musik asal Orinda, California, Amerika Serikat, itu bakal manggung di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, pada Sabtu (17/9) malam. Mereka memiliki ciri khas dalam menghadirkan tembang-tembang yang cukup nge-beat. Apalagi, irama melodic hardcore dan skate punk begitu lekat dalam corak musik band ini. Mereka seharusnya tampil di awal tahun ini. Namun, pihak sponsor mengumumkan pembatalan itu. Beberapa tur dunia di berbagai negara juga mengalami perubahan mendadak. Namun kini, Set Your Goals telah menyatakan siap menghentak Jakarta. Tidak ada salahnya bila para penggemar bersiap-siap lebih awal, segera mempersiapkan waktu luang untuk menyaksikan tur tersebut. Aksi panggung para personel cukup memukau. Terlebih, mereka selalu mengajak penonton yang mayoritas anak-anak punk untuk ikut berjingkrak-jingkrak. Karakter vokal Jordan Brown (vokalis) dan Matt Wilson (vokalis) cukup melengking. Ditambah lagi, peran Mike Ambrose (drumer), Daniel Coddaire (gitaris), Audelio Flores Jr (gitaris), dan Joseph Saucedo (basis), semakin melengkapi karakter vokal itu. Selama berkarier, mereka telah mengeluarkan tiga album studio, yaitu Mutiny!, This Will Be the Death of Us, dan Burning at Both Ends. Saat tampil di sini, mereka akan membawakan beberapa tembang yang ada di album ketiga. Misalnya, Cure for Apathy, Start the Reactor, London Heathrow, Trenches, dan The Last American Virgin. Setelah tampil di Indonesia, Set Your Goals dijadwalkan manggung di kota-kota lainnya di Asia, meliputi MCPA Grand Hall, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (18/9), The

MUSIK

DOK FACEBOOK

AKSI PANGGUNG: Selain karena tembang-tembang mereka, kelompok musik Set Your Goals, asal Orinda, California, Amerika Serikat ini terkenal lewat aksi panggung yang memikat. Kelompok musik yang Burning at Both Ends itu akan menggelar konser di Jakarta. Rock Pub, Bangkok, Thailand, Senin (19/9), dan Goodman Arts Centre, Singapura, Rabu (21/9). Matt Wilson melalui akun jejaring sosialnya mengaku senang. Apalagi, ia akan memanfaatkan tur dunia sebagai ajang menjumpai para penggemar di Asia. Tak mengherankan bila Jakarta menjadi destinasi yang cukup menyenangkan. “Setelah tampil di Asia, kami juga akan manggung di Australia. Ini membuat semua jadwal

FESTIVAL

Seperempat Abad Kahitna

PAMERAN

Pesta Komunitas Media Sosial

MI/USMAN

DALAM rangka perayaan ulang tahun ke-25, Kahitna mempersembahkan hadiah untuk penggemar. Yakni, sebuah pergelaran konser bertajuk Cerita Cinta 25 Tahun Kahitna. Konser itu akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), pada 15 September 2011. Di konser mendatang, Kahitna akan meluncurkan beberapa single terbaru mereka. Selain konser, Kahitna juga meluncurkan sebuah buku. Untuk konser, Kahitna menggandeng promotor Berlian Entertainment sebagai pendamping persiapan konser ulang tahun. Pada konser mendatang, Yovie dan Hedi Yunus memastikan penonton akan menikmati semua lagu hit Kahitna. Sebut saja lagu Cerita Cinta, Seandainya Aku Bisa Terbang, Cantik, Tak Sebebas Merpati, Setahun Kemarin, Andai Dia Tahu, Permasuriku, dan Menikahimu. Tidak hanya menyuguhkan lagu-lagu hit, di konser nanti, Kahitna mengundang beberapa band sebagai tamu kehormatan. Rencananya, akan ada RAN, Maliq D’esensial, Groove, dan sebuah band yang masih dirahasiakan. Acara : Cerita Cinta 25 Tahun Kahitna Waktu : 15 September 2011 Tempat : Jakarta Convention Center

tur sangat menyenangkan,” papar Wilson. Pada awal tahun ini, mereka telah mengumumkan album teranyar berjudul Burning at Both Ends. Irama musik dalam album itu tetap enak didengar meski sebagian personel adalah anggota baru. Pada konser di Jakarta, mereka akan tampil satu panggung bersama band asal Amerika Serikat, Alesana. Kelompok musik pengusung aliran post-hardcore dan metalcore

SENI RUPA Ilustrasi Cerpen

miweekend@mediaindonesia.com

SASTRA

Pameran Kencrung

SMF adalah sebuah gelaran acara yang akan diadakan pada September 2011. Acara puncaknya akan diadakan pada 22-24 September 2011. Acara ini merupakan gelaran acara hasil kolaborasi antara FX, Salingsilang.com, dan Dailysocial. SMF merupakan pesta akbar komunitas media sosial dari berbagai macam individu, komunitas, hingga merek. Sebagai pengguna besar layanan media sosial, terdapat potensi yang besar atas pemanfaatan media sosial, mulai kepentingan bisnis hingga komunitas. Acara puncak akan dijalankan selama tiga hari. Namun, 3 hari sebelum event utama, FX mempersilakan brand atau komunitas yang ingin menggunakan tempat yang berhubungan dengan acara Social Media Festival. Festival yang mengangkat tema Social media is you ini bermaksud menjadi festival media sosial pertama dan terbesar di Indonesia yang menggabungkan setiap elemen media sosial di Indonesia. Dari siaran persnya, dijelaskan juga bahwa festival ini dijalankan tanpa ada unsur komersial, dan didasari juga atas kerinduan meng-offline-kan dunia online. Acara : Social Media Festival Waktu : 22–24 September 2011 Tempat : FX Lifestyle X’nter, Senayan

itu juga memiliki penggemar setia di Tanah Air. Kehadiran kelompok dengan nuansa musik nge-beat ini menjadi kesempatan bagus bagi para pecinta musik, terutama mereka yang ingin berakhir pekan dengan lebih santai setelah menikmati Lebaran di kampung. (Songkick.com/M-1)

Pameran Puisi Jepang

UKEMAKER.COM

BENTARA Budaya Yogyakarta memberi tajuk dalam perhelatan ulang tahun yang ke-29, yakni Pasar Kencrung. Sebuah pameran yang mengeksplorasi jenis alat musik kencrung atau dikenal pula dengan nama ukulele (bisa cuk ataupun cak). Para perupa yang nantinya akan terlibat dalam pameran tersebut bisa mengeksplorasi jenis alat tersebut secara gembira ria. Dengan catatan fungsi alat tersebut dimungkinkan pula bisa dimainkan selayaknya alat musik walaupun mungkin telah terjadi modifikasi bentuk dan suara di sana-sini. Rekan-rekan perupa diharapkan menyediakan, membuat, dan memilih alat kencrung tersebut secara mandiri. Selain itu, akan ada pameran video yang merupakan karya melalui medium audio visual para perupa, baik dalam bentuk video klip maupun video dokumenter. Dalam musik keroncong, ukulele menjadi instrumen utama yang memberikan warna musik khas. Alat musik ini juga dikenal di daerah lain. Acara : Pameran Pasar Kencrung Waktu : 9-15 September 2011 Tempat : Bentara Budaya Yogyakarta

HAIKU adalah jenis puisi Jepang yang terdiri dari tiga baris. Baris pertama terdiri dari 5 suku bunyi, baris kedua 7, dan baris ketiga 5. Haiku tidak mementingkan rima atau persamaan bunyi, tetapi mora. Mora adalah bagian dari fonologi yang membahas masalah suku kata. Menurut ahli linguistik Amerika James D McCawley (1968), mora adalah “Dua suku kata dan suku kata pendek.” Di Indonesia, mora kirakira dapat diartikan sebagai ‘suku kata’ walaupun tidak sepenuhnya tepat karena di dalam bahasa Jepang ada catatan tertentu, semisal ???’n’ atau ‘tsu’ [?](kecil ) dan panjang pengucapan yang dianggap sebagai 1 mora. Haiku tradisional biasanya merupakan refleksi alam. Umumnya satu dari tiga baris puisi itu berbeda untuk memberi efek kejutan. Acara : Pameran Antologi 500 Haiku dan Sajak Pendek Lainnya Waktu : 27 Agustus-3 September 2011 Tempat : Pusat Kebudayaan Jepang, Gedung Summitmas, Senayan

LINGKUNGAN Keanekaragaman Hayati

ARSITEKTUR Rock in Solo SOLO bisa dikatakan sebagai kota yang sebagian masyarakatnya menganggap rock bukan hanya sebagai hiburan, melainkan sudah menjadi gaya hidup. Kesuksesan helatan Rock in Solo Metal Fest yang sudah digelar empat kali pada 2004, 2007, 2009, dan 2010 menasbihan event ini menjadi metal fest terbesar di Jawa Tengah, bahkan mungkin juga Indonesia dengan dihadiri ribuan pecinta musik rock/metal dari seluruh Indonesia. Kali ini, The Think, sebuah kelompok kerja kolektif yang intens dalam helatan subkultur di Kota Solo, bekerja sama dengan Tecma Advertising, akan menggelar event kelima dengan titel Rock in Solo Heritage Metal Fest 2011. Beberapa band metal dari mancanegara akan tampil dalam acara ini, yakni Kataklysm (Kanada), Deranged (Swedia), Oathen (Korea), Enforce (Australia), dan Ishtar (Korea). Dari dalam negeri akan tampil antara lain Burgerkill, Raja Singa, Madonna of the Rock, Down For Life, Gigantor, dan Suri. Konser ini akan jadi salah satu festival metal terbesar di Indonesia. Acara : Rock in Solo Metal Fest 2011 Waktu : 17 September 2011 Tempat : Alun-alun utara Solo

Karya Arsitektur Jerman ANTARA

SEJAK 2002, Kompas mengundang partisipasi para perupa untuk membuat ilustrasi cerpen yang terbit setiap minggu. Itu sebuah tantangan bagi para perupa yang diberi keleluasaan selebar-lebarnya membuat ilustrasi. Tidak berhenti pada sekadar ‘ilustrasi’ yang menerjemahkan teks sastra, tapi bisa menggunakan teknik, media, dan cara apa pun. Karya rupa mereka dinilai memiliki keunikan dan daya tarik kuat sehingga muncullah gagasan dari tim redaksi dan kurator Bentara Budaya pada waktu itu untuk memamerkan karya rupa ini ke beberapa kota. Termasuk sekarang di Kota Bali. Kali ini, teknik dan cara berekspresi diperluas, tidak hanya dua dimensi di atas kanvas dan kertas, tapi bisa trimatra berwujud patung, instalasi, foto, bahkan video. Fungsinya sebagai pendamping cerpen, posisinya setara, dan hubungannya tidak lagi berdasar keunggulan salah satu pihak. Acara : Pameran Ilustrasi Cerpen Kompas Waktu : 27 Agustus-4 September 2011 Tempat : Bentara Budaya Bali

PAMERAN ini menampilkan hasil penelitian karya arsitektur dari dua negara Jerman, yakni Republik Federal Jerman dan Republik Demokrasi Jerman. Pameran ini baru pertama kali dilakukan setelah 50 tahun pembentukan Republik Federal Jerman dan Republik Demokrasi Jerman dan 14 tahun persatuan kembali Negara Jerman. Pameran ini menelusuri hal-hal yang mengakibatkan divergensi dan konvergensi dari dua diskursus arsitektur yang nyata berbeda, mempelajari proses perkembangannya, dan menunjukkan dampak perbedaan konteks budaya, politik, dan ekonomi. Pameran bertujuan memperlihatkan kesamaan dan perbedaan antara arsitektur Jerman Barat dan Timur selama 40 tahun tanpa bermaksud memberikan penilaian atas perbedaan tersebut. Dengan melihat karya mereka, diharapkan pengunjung atau arsitektur Indonesia menjadikan referensi atau perbandingan untuk karya di masa mendatang. Jadi Anda arsitek atau penyuka arsitektur jangan lewatkan pameran ini. Acara : Pameran Dua Arsitek Jerman 1949-1989 Waktu : 15 September - 1 Oktober 2011 Tempat : Campus Centre ITB, Bandung

MI/ADAM DWI

INDONESIA memiliki puluhan juta hektare lahan rusak akibat praktik penggunaan lahan yang kurang bijaksana dan pengelolaan yang tidak lestari. Sejak zaman penjajahan, pemerintah Indonesia telah menerapkan berbagai program restorasi hutan, tetapi tingkat keberhasilannya masih terbatas. Hal ini banyak berkaitan dengan masalah teknis, sosial, dan kelembagaan. Konferensi ini akan membahas beberapa pendekatan teknologi restorasi yang lebih inovatif dan memungkinkan untuk dilakukan di Indonesia dan wilayah Asia-Pasifik, serta membahas lebih lanjut penerapannya di Indonesia. Informasi tentang konferensi ini tersedia di situs http://environment.yale.edu/elti/en/events/details/1352/. Konferensi ini disponsori oleh Environmental Leadership & Training Initiative, sebuah program gabungan antara Yale School of Forestry & Environmental Studies dan The Smithsonian Tropical Research Institute, yang bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor dan Tropenbos-Indonesia. Acara : Konferensi Keanekaragaman Hayati Waktu : 12 September 2011 Tempat : IPB Convention Centre, Bogor Info : http://environment.yale.edu/elti/en/events/ details/1352/resources/


PETA MUDIK 2011


TIPS MUDIK

Tetap Sehat selama Perjalanan ●

SENO

M

udik sudah menjadi tradisi yang lekat dengan perayaan Idul Fitri. Setiap menjelang Lebaran, jutaan orang berbondongbondong pulang ke kampung halaman demi berkumpul dengan keluarga dan bertemu handai taulan. Ada yang naik pesawat, kapal laut, mobil pribadi, angkutan umum hingga sepeda motor. Apa pun ‘model’ mudik yang dipilih, satu hal yang pasti, faktor kesehatan jelas harus diperhatikan. Sebab cuaca panas maupun hujan, jalanan berdebu dan berangin, serta sesaknya arus kendaraan berpotensi mengganggu kesehatan. Jangan sampai keceriaan mudik terenggut oleh penyakit atau kecelakaan. Agar kesehatan tetap terjaga selama mudik, spesialis penyakit dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/RS Cipto Mangunkusumo (FKUI/RSCM), dr Ari Fahrial Syam SpPD menganjurkan agar setiap pemudik melakukan persiapan matang. Ari mengungkapkan, ada beberapa gangguan kesehatan yang potensial muncul saat mudik sehingga perlu diantisipasi. Antara lain, kelelahan, dehidrasi, mabuk kendaraan, iritasi mata, infeksi saluran pernapasan atas, dan diare. ‘’Semua itu timbul karena perjalanan mudik umumnya panjang, hampir sesiangan atau semalaman,’’ kata Ari. Sebagai panduan, berikut beberapa tips mudik sehat yang disarankan Ari. ● Bagi yang membawa kendaraan sendiri, pelajari lebih dulu peta jalur mudik beserta jalur alternatif

jika terjadi kemacetan serta titik-titik rawan kecelakaan. Untuk pemudik yang menggunakan motor, gunakan helm standar, masker, jaket, dan kacamata hitam. Bila perlu gunakan krim tabir surya untuk area kulit yang terbuka. Konsumsi makanan bergizi lengkap dalam porsi cukup sebelum berangkat mudik. Dengan demikian, ada cadangan energi yang cukup selama perjalanan. Untuk orang yang tetap berpuasa selama mudik, sahurlah dengan makanan bergizi lengkap. Siapkan bekal obat-obatan yang biasa diperlukan di perjalanan seperti obat diare, sakit kepala, mabuk perjalanan, masuk angin, serta obat luka dan plester luka. Bagi yang hendak membawa bekal makanan, yang perlu diperhatikan adalah faktor kesegaran makanan. Perlu diingat, cuaca panas dan udara lembap bisa membuat makanan basah rusak lebih cepat. Karena itu, sebaiknya bekal makanan dipilih dari jenis makanan kering. Bagi yang memilih membeli makanan atau minuman di perjalanan, perhatikan faktor kebersihan dan kualitasnya. Sebaiknya jangan membeli makanan atau minuman yang terpapar sinar matahari langsung. Pasalnya, sinar matahari langsung dapat merusak makanan atau minuman walaupun kemasannya masih utuh. Hindari minum kopi, minuman bersoda, dan minuman penambah energi yang mengandung kafein. Sebab, jenis-jenis minuman itu memicu buang air kecil lebih sering. Padahal, kerap kali kondisi mudik membuat orang malas buang air kecil dan cenderung menahan untuk tidak berkemih selama perjalanan. Hal itu justru bisa mengakibatkan infeksi saluran kencing. Cegah dehidrasi dengan minum air putih. Dehidrasi berat bisa membuat orang pusing, bahkan pingsan. Untuk mereka yang mudik dengan mobil pribadi atau motor, jangan lupakan istirahat di tengah perjalanan. Setiap 2 sampai 4 jam sekali, hentikan perjalanan untuk relaksasi, melakukan senam ringan dan peregangan otot. Hal itu penting untuk menjaga kesegaran tubuh baik bagi pengemudi maupun penumpang. (Nik)

Cara Aman Tinggalkan Rumah TELAH menjadi tradisi di Indonesia, saat Lebaran tiba, masyarakat serentak mudik ke kampung halaman masing-masing. Namun selalu ada risiko yang membuat Anda tidak nyaman ketika meninggalkan rumah untuk pergi mudik. Belakangan ini banyak sindikat pembobol rumah kosong, dan biasanya kasus pembobolan akan meningkat terlebih menjelang Lebaran di saat orangorang membiarkan rumah mereka kosong. “Beberapa hari menjelang Lebaran, kejahatan diprediksi meningkat, khususnya pencurian di rumah kosong yang ditinggal mudik,” kata Kombes Baharudin Djafar, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, beberapa waktu lalu. Baharudin pun dalam jumpa persnya memberikan tips agar rumah kosong yang ditinggalkan aman dari tindak pelaku pencurian dan pembobolan. Berikut tipsnya: 1. Hindari hal yang dapat menunjukkan bahwa rumah sedang kosong agar tidak menarik perhatian pelaku kejahatan. Misalnya, jika berlangganan koran, meminta loper koran untuk tidak mengirimkan koran selama mudik. Upayakan agar lampu rumah tidak dalam keadaan menyala terus selama pergi. Bila perlu, pasang lampu otomatis yang dapat mati dan menyala sendiri dengan pengaturan waktu yang diinginkan. 2. Selama kondisi rumah kosong, pastikan tidak meninggalkan barang berharga seperti uang dan perhiasan di rumah. Simpanlah perhiasan dan uang di bank agar lebih aman.

EBET

3. Ini salah satu faktor mutlak yang harus diperhatikan saat pergi mudik, yaitu pastikan semua pintu dan jendela rumah terkunci rapat sebelum meninggalkan rumah. 4. Matikan semua listrik yang tidak digunakan untuk menghindari hubungan arus pendek yang dapat menyebabkan kebakaran. 5. Untuk lebih aman, titipkan rumah kepada orang yang dipercaya, seperti tetangga yang tidak pergi mudik ataupun kepada aparat keamanan perumahan setempat seperti satpam atau hansip. 6. Bila diperlukan, pasang alarm sekuriti di rumah atau memasang kamera CCTV di beberapa titik di rumah seperti halaman rumah, ruang tamu, dan ruang tidur. (HZ)

Jangan Panik saat Kondisi Darurat emergency Astra World Call 89 898 (ponsel) atau 500 898 (fixed line). Berikut ini yang harus Anda lakukan bila: PECAH BAN

FREDY

Jangan rem mendadak. Tetap jaga arah setir sambil pelan-pelan mengurangi laju mobil. Setelah menepi di tempat aman, ganti ban roda dengan ban serep. Jangan mendongkrak mobil terlebih dahulu, tetapi kendurkan kunci ban, ganti ban yang pecah dengan ban cadangan, kemudian kunci kembali baut-baut ban. OVERSTEER ATAU UNDERSTEER

SEANDAINYA terjadi sesuatu pada mobil, seperti mogok, terdengar bunyi-bunyi tidak normal, dan pecah ban, Anda tak perlu panik. Tenang dan pertimbangkanlah poin-poin ini jika mobil Anda mengalami kondisi darurat: 1. Tetaplah fokus pada kendaraan dan tenang. 2. Posisikan kendaraan ke pinggir (tempat yang aman). 3. Jangan langsung keluar dari mobil, lihat situasi dan kondisi sekitar. Bila dirasa cukup aman, baru keluar untuk mengecek kondisi mobil. 4. Nyalakan lampu kecil dan lampu hazard dahulu. Kemudian pasang segitiga pengaman dengan jarak 5 meter dari mobil. 5. Coba periksa dan atasi sendiri. Gunakan komponen cadangan, buku manual, atau membaca tips-tips mengenai kondisi darurat. 6. Hati-hati menerima tawaran orang yang tidak dikenal sama sekali. 7. Bila masalah tetap tak terselesaikan, Anda bisa menuju pos siaga atau bengkel siaga, yang biasa digelar sejumlah agen pemegang merek saat musim mudik Lebaran. Atau, bisa juga bengkel siaga Auto2000 yang tersebar di sepanjang jalur mudik Sumatra-Jawa-Bali. Bila perlu, hubungi

Bila oversteer (ban belakang kehilangan traksi), jangan rem mendadak. Lakukan countersteer tanpa berlebihan, dan bersiaplah mengembalikan posisi setir bila cengkeraman ban sudah hampir didapat kembali. Lalu tambah kecepatan dengan halus. Bila understeer (mobil cenderung lurus di tikungan), kurangi putaran setir secara halus, lalu kurangi tekanan pedal gas secara halus sehingga traksi roda depan kembali pulih. REM BLONG Coba pompa pedal rem, pindahkan perseneling ke gigi lebih rendah, gunakan rem tangan secara halus dan tahan tombol pengunci. Segera mencari pos atau bengkel siaga. TEMPERATUR MESIN NAIK Matikan AC dan mesin setelah menepi. Jangan buka tutup radiator saat mesin masih panas. Cek apakah v-belt putus atau kendur. Lihat juga sekring jika menggunakan kipas elektrik. Ingat, jangan mencoba melepas radiator atau menuangkan air ke badan radiator. Selamat mudik dan Lebaran. (Tsr)


Media Indonesia