Issuu on Google+

REISA KARTIKASARI UBAH KEBIASAAN SELAMATKAN LINGKUNGAN

Pemasangan Iklan & Customer Service: 021 5821303 No Bebas Pulsa: 08001990990 e-mail: cs@mediaindonesia.com

Ia menciptakan jargon lingkungan yang disebut ‘3D perubahan’, dimulai dari diri sendiri, dimulai dari hal-hal kecil, dan dimulai dari sekarang.

Rp2.900/eks (di luar P. Jawa Rp3.100/eks)

Sosok, Hlm 14

Rp67.000/bulan (di luar P.Jawa + ongkos kirim) MI/RULLY FIRDAUS

J U M AT, 14 O K T O B E R 2 011 | N O .1117 2 | TA H U N X L I I | 4 0 H A L A M A N

EDITORIAL

Lampu Kuning bagi Tipikor HANYA ada satu semangat ketika Komisi Pemberantasan Korupsi dan pengadilan tindak pidana korupsi (tipikor) dibentuk, yakni melenyapkan korupsi dari Bumi Pertiwi. Semangat itu lahir karena korupsi telah merapuhkan seluruh sendi kehidupan bangsa dan negara. Korupsi tidak bisa lagi diberangus dengan cara-cara konvensional melalui polisi dan jaksa, tetapi memerlukan institusi super bertangan besi dan bersenjata pamungkas. Karena itu, KPK diberi keistimewaan memiliki hak penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan. Tidak ada badan peradilan yang memegang tiga kewenangan itu di satu tangan, kecuali KPK. Hakim tipikor pun tidak hanya berasal dari hakim karier, tetapi juga hakim ad hoc dari jalur nonkarier. Pertempuran sengit melawan koruptor yang dilakukan KPK selama sembilan tahun terakhir telah menggiring banyak orang ke bui. Tidak saja kalangan eksekutif, tapi juga anggota DPR yang terhormat. Para hakim, jaksa, dan pe ng usaha juga dibawa ke penjara. Korupsi yang masif dan sistemis mendorong pembentukan Silakan tanggapi pengadilan tipikor di Editorial ini melalui: daerah. Pengadilan mediaindonesia.com negeri dinilai terlampau bermurah hati menjatuhkan vonis bebas bagi terdakwa korupsi. Indonesia Corruption Watch (ICW) mencatat pada semester I 2010 pengadilan negeri membebaskan 54,82% terdakwa korupsi. Kalaupun dihukum, vonis yang dijatuhkan ringan, hanya 1-2 tahun penjara. Pengadilan tipikor yang diharapkan bisa membuat koruptor jera mulai terjangkit oleh penyakit pengadilan negeri. Pengadilan tipikor tidak lagi angker karena kian rajin pula membebaskan terdakwa korupsi. Contohnya pengadilan tipikor di empat daerah, yakni Jakarta, Semarang, Bandung, dan Surabaya. Mereka setidaknya telah membebaskan 26 terdakwa korupsi. Dari jumlah itu, sebanyak 25 kasus diajukan kejaksaan negeri dan satu kasus diajukan jaksa KPK. Kasus Wali Kota nonaktif Bekasi Mochtar Mohamad yang divonis bebas oleh Pengadilan Tipikor Bandung (11/10) merupakan kali pertama KPK kalah. Semakin seringnya pengadilan tipikor membebaskan terdakwa korupsi menunjukkan pengadilan tipikor tidak beda dengan pengadilan negeri. Majelis hakim tipikor menjatuhkan vonis bebas selalu dengan dalih dakwaan jaksa lemah. Kita khawatir dakwaan jaksa KPK juga mulai lemah sehingga hakim tipikor pun dengan mudah menjatuhkan vonis bebas. Jika pengadilan tipikor mulai sama dengan pengadilan negeri dan jaksa KPK tidak lagi beda dengan jaksa negeri, masih perlukah pengadilan tipikor di daerah?

FOTO-FOTO: AP/FIRDIA LISNAWATI

DAMPAK GEMPA: Sejumlah murid SMA yang terluka akibat gempa berkekuatan 6,8 pada skala Richter berkumpul seusai mendapat penanganan medis di RSUP Sanglah Denpasar, Bali, kemarin. Gempa juga mengakibatkan tembok gedung di kawasan Kuta, Bali, runtuh dan menimpa sebuah mobil.

Tonil Reshuffle dari Cikeas

Kita khawatir dakwaan jaksa KPK juga mulai lemah sehingga hakim tipikor pun dengan mudah menjatuhkan vonis bebas.”

PAUSE

Jambu Biji dan Kanker HASIL penelitian Institut Nasional Hyderabad, India, menyebutkan jambu biji memiliki zat antioksidan tinggi yang dapat mencegah kanker. Menurut studi itu, konsentrasi antioksidan dalam buah tersebut mencapai 500/100 mg atau lebih tinggi daripada apel, plum, anggur, dan pisang. Peneliti Dr Sreeramulu mengatakan antioksidan itu dapat mengatasi radikal bebas yang berpotensi merusak sel sehingga menyebabkan kanker, penuaan, dan penyakit jantung. Ia mengaku belum ada penelitian yang membuktikan antioksidan mampu mencegah kanker. Namun berdasarkan pengamatannya, pasien yang kerap mengonsumsi kandungan antioksidan alami minim terkena penyakit tersebut. (Telegraph/*/X-5)

ANTARA/WIDODO S. JUSUF

ANTARA/WIDODO S. JUSUF

ANTARA/WIDODO S. JUSUF

Wardana

Sapta Nirwandar

Ali Ghufron Mukti

Mantan Dubes RI untuk Singapura

Dirjen Pemasaran Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata

Dekan Fakultas Kedokteran UGM

Calon Wakil Menteri Luar Negeri

Calon Wakil Menteri Kebudayaan dan Pariwisata

Calon Wakil Menteri Kesehatan

Ternyata, pertimbangan riil politik yang dikedepankan Presiden dalam menata ulang kabinet. AKHMAD MUSTAIN

P

menata ulang kabinet, dirinya tidak bisa menggunakan hak prerogatifnya seratus persen karena masih ada pertimbangan politik yang juga dijadikan dasar. Hal itu, kata dia, dipandang perlu karena pemerintahan kali ini ditopang koalisi sehingga ada etika koalisi.

EROMBAKAN kabinet telah disulap menjadi pertunjukan. Tidak ubahnya tonil (sandiwara). Audisi calon wakil menteri dan pertemuan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan pemimpin partai pendukungnya dikemas menjadi tontonan. Menteri bertengkar Ada tiga calon wakil menteri yang dipanggil ke Para pemimpin partai pendukung pemerintah Cikeas, kediaman pribadi SBY, kemarin. Mereka berdiri berjejer di samping kiri dan kanan SBY. ialah Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Mereka ialah Ketua Umum Golkar Aburizal Gadjah Mada Ali Ghufron Mukti yang dipilih Bakrie, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, menjadi wakil menkes, Dirjen Ketua Umum Demokrat Anas Kirimkan tanggapan Anda Pemasaran Kemenbudpar Sapta Urbaningrum, Ketua Umum atas berita ini melalui e-mail: Nirwandar sebagai wakil menPPP Suryadharma Ali, Ketua budpar, dan mantan Dubes interupsi@mediaindonesia.com Umum PAN Hatta Rajasa, dan atau mediaindonesia.com RI untuk Singapura Wardana Presiden PKS Luthfi Hasan Facebook: diangkat menjadi wakil menlu Ishaq. Harian Umum Media Indonesia menggantikan Heru Triyono. “Ada yang mengatakan PresiTwitter: @MIdotcom Dengan demikian, bakal ada den angkat saja siapa pun, tidak penambahan jumlah wakil perlu pertimbangkan politik. menteri yang sebelumnya sudah berjumlah 10. Tetapi, dalam politik riil tidak kena (melakuPenambahan itu, kata pakar hukum tata negara kan) seperti itu. Di negara mana pun, ada etika Irmanputra Sidin, tidak ada gunanya, sia-sia. koalisi. Andai kata berasal dari parpol, pasti juga Irman menjelaskan, dari segi ketatanegaraan, memiliki kapabilitas dan rekam jejak yang baik,” wakil menteri cukup tiga untuk melapis menteri ujar Presiden. yang bisa menjadi triumvirat, yaitu wakil menteri Pertimbangan riil politik itu dikecam Irman. dalam negeri, wakil menteri luar negeri, dan Menurut dia, Presiden harus menggunakan perwakil menteri pertahanan. timbangan konstitusi, bukan riil politik. Ghufron, Sapta, dan Wardana yang memberi Presiden juga mengakui mendapatkan masukkonferensi pers seusai audisi menjadi bintang an dari pemimpin parpol mengenai beberapa sandiwara babak pertama. Sandiwara babak menteri yang bertengkar di depan publik. berikutnya dibintangi sang sutradara reshuffle Pada hari ini Presiden mengaudisi calon mensendiri, yaitu SBY. teri. Dirut BNI Gatot Suwondo disebut-sebut SBY menggelar jumpa pers seusai bertemu calon kuat menteri ESDM. (Yoi/*/X-3) pemimpin partai politik yang berkoalisi mendukung pemerintah. Ia mengakui bahwa dalam mustain@mediaindonesia.com

Puluhan Warga Luka akibat Gempa di Bali GEMPA berkekuatan 6,8 pada skala Richter (SR) dan 5,6 SR mengguncang Bali, kemarin. Sedikitnya 49 orang cedera saat menyelamatkan diri dan akibat tertimpa atap bangunan yang roboh. Kebanyakan korban adalah siswa SMK Negeri 2 Denpasar. Mereka terluka di bagian kepala. Gempa pertama berlangsung sekitar 1 menit pada pukul 11.16 Wita disusul gempa berikutnya pukul 15.52. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar menyebut radius gempa yang berkedalaman 10 km itu mencapai 143 km. Setelah dua kali diguncang gempa, beredar pesan SMS berantai mengatasnamakan BMKG di Bali. Isinya menginformasikan bahwa akan ada gempa susulan dengan kekuatan 7,9 SR dan berpotensi tsunami. Kepala BMKG Wilayah III

Denpasar Wayan Suardana menampik keras isi SMS itu. “Kami imbau agar masyarakat tidak memercayai informasi yang tidak bersumber dari instansi ber wenang,” kata Suardana, kemarin. Warga Denpasar berhamburan ke luar rumah dan bangunan ketika gempa terjadi. Gempa juga ikut membuat wisatawan di kawasan Kuta panik. Turis yang sedang berjemur langsung berlarian menjauhi pantai karena khawatir terjadi tsunami. Guncangan ikut dirasakan warga Jawa Timur seperti di Malang, Blitar, dan Surabaya, serta di sekitar Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Akibat gempa, aliran listrik di beberapa wilayah di Bali selatan sempat padam. Gangguan juga menimpa jaringan sejumlah operator seluler dan mengakibatkan penerbangan di Bandara Ngurah Rai tertunda. (Tim/I-1)

Kabareskrim Tegaskan Ketua KPU Tersangka KEPALA Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Sutarman membenarkan status Ketua KPU Abdul Hafidz Anshary dalam surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) memang tersangka atas dugaan manipulasi surat suara Pemilu Legislatif 2009 di Halmahera Barat, Maluku Utara. “Bahasa KUHP, dalam SPDP memang tersangka. Namun, dia sebagai terlapor karena baru dimulai penyidikan. Belum memeriksa saksi-saksi dan pencarian

bukti-bukti ataupun memanggilnya sebagai tersangka,” ujar Sutarman di Jakarta, kemarin. Menurut dia, dalam laporan pelapor Muhammad Syukur Mandar disebutkan bahwa tersangkanya memang Ketua KPU Abdul Hafidz Anshary. Sutarman kembali meyakinkan bahwa SPDP itu benar adanya. Tidak ada kekurangcermatan pada penulisan status tersangka. Ia menjelaskan soal status tersangka itu hanya masalah teknis dan ketentuan dalam KUHAP.

Bahasa KUHP, dalam SPDP memang tersangka. Namun, dia sebagai terlapor karena baru dimulai penyidikan.” Komjen Sutarman Kabareskrim Polri “Karena urusan teknis, tentu penyidik sudah berkomunikasi dengan Kejagung dan KPU.”

Pernyataan Sutarman itu memperjelas tidak ada kesalahan apa pun dalam SPDP. Sebelumnya, ada kesimpangsiuran bahwa polisi keliru menulis isi SPDP yang memuat status Anshary sebagai tersangka. Anshary hingga saat ini mengaku belum menerima surat tersangka. Saat menanggapi kesimpangsiuran yang sempat muncul itu, Wakil Ketua DPR Pramono Anung berkeyakinan tidak ada salah ketik dalam SPDP. “Kalau salah ketik tersangka dengan sak-

si, itu artinya bukan salah ketik. Kalau salah ketik itu, (misalnya) tersungkur dengan tersingkir. Jadi itu bukan salah ketik, melainkan memang salah dalam men-judge,” katanya. Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso berharap kepolisian dan kejaksaan meningkatkan profesionalisme. Dengan demikian, menurutnya, DPR tidak akan ragu-ragu menggelontorkan anggaran yang besar bagi dua institusi penegak hukum tersebut. (San/Wta/LN/*/X-5)


2

JUMAT, 14 OKTOBER 2011

INTERUPSI

UMUM

SBY Larang Menteri Buat Keputusan

Kementerian Saling Serang soal Impor Kentang PENGANTAR

PENGANTAR PARA menteri Kabinet Indonesia Bersatu II sedang menunggu apakah ikut dalam gerbong yang tergusur, dipertahankan, atau digeser dalam kocok ulang kabinet yang menurut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono diumumkan sebelum 20 Oktober mendatang. Boleh jadi para menteri kian cemas karena kemarin Sekretariat Negara mengeluarkan surat edaran yang melarang para menteri mengambil kebijakan strategis hingga formasi baru kabinet diumumkan. Hal itu bertujuan menjaga kontinuitas kebijakan menteri yang akan menjabat ke depan. “Itu (surat edaran) perintah Presiden dan sepengetahuan Presiden,” ujar Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha di Jakarta, Rabu (12/10), (Berita utama, Hlm 1, 13/10). Berikut tanggapan pembaca.

MEMBANJIRNYA komoditas kentang impor dari China dan Bangladesh di sejumlah wilayah di Tanah Air memicu perbedaan pendapat antara Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Pertanian Suswono, dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang dipimpin Mari Pangestu. Hatta Rajasa mengemukakan kebijakan impor kentang tidak pernah dibahas dalam rapat koordinasi pangan. Itu berarti kebijakan impor tersebut merupakan keputusan sepihak dari Mendag. “Semua (dibicarakan) dalam rakor pangan. Kentang tidak masuk pangan pokok yang disebutkan, tapi bukan berarti itu tidak bisa kita bicarakan,” kata Hatta, Rabu (12/10), (Umum, Hlm 1, 13/10). Berikut tanggapan pembaca.

ANTARA/PANDU DEWANTARA

Dahulukan Rakyat

Masih Bisa

URUS rakyat dulu deh. Rakyat sudah makan apa belum hari ini. Kalau mengurusi itu, terus bagaimana nasib rakyat. Percuma diganti juga, korupsi tetap saja jalan terus. SheddRofs Muhamad

BELUM terlambat Pak. Walau selama 2 tahun terus dikadali oleh pembantu-pembantu, Bapak masih bisa membuat keputusan besar yang akan dikenang rakyat. Mulailah dengan menyingkirkan tikus-tikus kantor yang hanya mengganggu kinerja kabinet Bapak. Semoga sukses! Erost Ferdiansyah

Plinplan SBY orangnya plinplan. Tidak tetap pendiriannya, seharusnya dia belum pantas memimpin negara yang sebesar Indonesia. Dia pantasnya masih di kelurahan. Praja M Sormin

Tidur Saja!

Pecat Saja! MENTERI dan pejabat yang tidak berprestasi dan tidak bertanggung jawab pecat saja secara tidak hormat. Senson Poetra Soeloeng

Lagu Lama

KALAU nggak boleh buat keputusan lebih baik pulang saja, tidur.... Supadiyo Aja

Harus Tegas

Bingung

Pengalihan Isu

KEPUTUSANNYA adalah tidak boleh memutuskan keputusan. Menterinya diganti saja dengan peluncur, kuda, atau benteng. Daud Soelaiman El Sheeramzy

PENGALIHAN isu kasus Nazaruddin dan Antasari Azhar. Fhe Mouz

BETUL Pak, begitu dong, tegas sedikit. Yohanes Enzelin Milanisti

KABINET Indonesia Korupsi!

MOHON maaf dengan segala hormat Bapak Presiden, Anda sendiri dikenal sebagai seorang pemimpin yang lamban merespons isu-isu yang sedang aktual terjadi di tengah masyarakat dan peragu dalam mengambil keputusan. Bagaimanapun, kita semua berharap bila perombakan kabinet jadi dilaksanakan, itu bukan kembali terjadi karena hasil politik kompromi, balas jasa, tawar-menawar, dan kesepakatan atau perjanjian lain yang membelakangi rakyat sebagai pemegang mandat/otoritas tertinggi negeri ini. Kalau masih seperti itu, tetap tidak akan membawa perubahan yang berarti apa pun dan menjadi sia-sia. Musa Siregar

BEGINILAH wajah pemerintah kita kalau ada masalah. Selalu lempar tanggung jawab, nggak ada yang mau tanggung jawab. Saling menyalahkan satu sama lain. Kalau memang tidak mampu, lebih baik bubarkan saja pemerintah daripada bangsa kita yang hancur. Ayiek

Kebakaran Jenggot!

Kabinet Korupsi

Hindari Kompromi

MI/RAMDANI

Mang O’o Susunan

SEMUA saling tuding, bukannya bekerja sama dan menyelesaikan. Awam

Kurangi Jatah Parpol TANPA pandang bulu kurangi jatah parpol Pak. Ambil tenaga profesional yang mumpuni, pasti bisa. Satochid Sosrodiredjo

Persetan PERSETAN dengan reshuffle. Kangmas Wisnu

Seru WAH seru tuh. Pasti para menteri saling serang dengan lempar-lemparan kentang impor. Aisyah Emy Meyningrum

Tidak Beres MENANDAKAN orang pemerintahan tidak ada yang beres kerjanya. Pecat saja. Heru Setijowahjudi

UMUM

Status Tersangka Ketua KPU tidak Berubah PENGANTAR JAKSA Agung Basrief Arief menegaskan status Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Abdul Hafiz Anshary masih tetap tersangka atas dugaan manipulasi surat suara Pemilu Legislatif 2009 di Halmahera Barat, Maluku Utara. “Jangan salah. Tadi malam saya di Kejaksaan Agung, (Anshary) tetap tersangka statusnya,” tukas Basrief di Jakarta, Rabu (12/10).

Dia menjelaskan penetapan tersangka itu dilakukan penyidik Mabes Polri. Kejagung hanya mendapat pemberitahuan melalui surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP). Dia menambahkan, hingga Rabu pihaknya tidak menerima kabar perubahan status Hafiz (Umum, Hlm 1, 13/10). Berikut tanggapan pembaca.

Usut sampai Tuntas WALAUPUN saat ini statusnya tersangka ataupun saksi, yang terpenting adalah usut sampai tuntas dan terbuka. Jangan tunjukkan kebohongan kepada publik. Ocep Cepot

Linglung KEJAKSAAN Agung dan Polri masih berbeda pandangan tentang status Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary terkait keluarnya surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP). Menurut Kejagung, berdasarkan SPDP yang mereka terima dari Polri, Abdul Hafiz Anshary berstatus tersangka. Namun, Kabareskrim Komjen Sutarman mengaku kaget saat mendapat kabar bahwa Ketua KPU sudah menjadi tersangka. Menurutnya, prosedur pemeriksaan belum dilakukan dan barang bukti belum dikumpulkan. Lalu, bagaimana penegakan hukum bisa dilakukan bila lembaga-lembaga penindakannya saja linglung seperti itu? Musa Siregar

Sampah NEGERI yang indah, tapi pemerintahannya seperti mengada-ada. Bagai sampah yang terus menebar bau. Fadrie Gunawan

Serbapalsu ADMINISTRASINYA menggunakan surat palsu, salah-salah hasilnya juga menggunakan hitungan palsu juga. Akibatnya penetapannya juga palsu. Wah saat ini di Indonesia serbapalsu dong. Asan Arnasan

Terserah Anda SANA serang-serangan semaumu. Purcahyo Sumardiono

Ironi APA kurang suburkah negeriku? Apa kurang luaskah Tanah Airku? Mohammad Suprianto

Kurang Koordinasi KURANG ada koordinasi antarkementerian. Yohanes Enzelin Milanisti

Tidak Bertanggung Jawab MENTERI tidak bertanggung jawab dong. Buat apa punya menteri seperti itu, yang tidak mementingkan rakyat kecil dan cuma mementingkan perut sendiri. Senson Poetra Soeloeng

Sudah Biasa BEGITULAH menteri-menteri Indonesia. Kalau kebijakan yang baik, semua mengaku hasil kerja mereka. Kalau kebijakannya salah, selalu lempar tanggung jawab. Sudah biasa.... Supadiyo Aja

Negeri Subur? PERCUMA negeri ini subur. SheddRofs Muhamad

Makelar Kentang LO, itu semua menteri to? Saya kira calo atau makelar kentang. Kangmas Wisnu

Andai Saja...

Pecat Semua!

ENAKNYA jadi tersangka ya, keluar dari penjara, kaya raya. Andai saja.... Nizar Surya Lesmana

PECAT semua menteri terkait!

Transaksi Dagang Sapi? BERITA makin simpang siur, apakah ini pertanda sedang terjadi transaksi dagang sapi? Haerudin Tea

Fhe Mouz

Serbaimpor SEMUA impor, memangnya di Indonesia tidak ada tanah? Antonparkit Parkit


P OLKAM

JUMAT, 14 OKTOBER 2011

3

KPK Telusuri Dugaan Aliran Dana ke Menpora KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menelusuri dugaan aliran dana kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Alfian Mallarangeng dari tender proyek Wisma Atlet SEA Games XXV Palembang. Langkah lembaga superbodi itu diambil menyusul pernyataan tersangka kasus Wisma Atlet, Muhammad Nazaruddin, yang menyebut ada dana dari proyek dengan total nilai Rp191 miliar yang mengalir ke kocek Andi Mallarangeng, yang sama-sama sebagai politikus dari Partai Demokrat. Hal tersebut diutarakan Wakil Ketua KPK Mochammad Jasin di Jakarta, kemarin. “Kita analisis terlebih dahulu,” jelas Jasin.

KPK sudah dua kali memanggil Andi Mallarangeng sebagai saksi dalam kasus Wisma Atlet yang menjerat Wafid Muharam, mantan Sekretaris Menpora (Sesmenpora) yang kini sudah berstatus terdakwa. Andi telah diperiksa sebagai saksi, baik untuk Wafid maupun Nazaruddin. Nazaruddin juga pernah memegang jabatan Bendahara Umum Partai Demokrat. Jasin mengaku tidak bisa memberi konfirmasi waktu pemanggilan kembali Andi untuk diperiksa penyidik KPK. Menurut dia, penelusuran kasus tidak melulu berdasarkan pemanggilan seseorang. Ia menegaskan semua pengembangan kasus berdasarkan alat bukti yang cukup.

“Sebagai contoh, dulu Nazaruddin tidak memenuhi panggilan pun, bila bukti sudah cukup, ditetapkan menjadi tersangka. Yang penting itu alat bukti yang cukup, bukan masalah panggil-memanggil,” ungkap Jasin. Pada pemeriksaan Rabu (12/10) yang berakhir petang hari, Nazaruddin menyebut Andi telah menerima uang proyek pembangunan Wisma Atlet. Menurut Nazaruddin, Andi pasti mengetahui perihal proyek Wisma Atlet senilai Rp191 miliar tersebut. “Kebijakan semuanya kan dari menteri, berarti, ya, Pak Andi-lah. Menpora lebih tahu berapa yang dia terima. Yang pasti, dia menerima uang,” ujar Nazar ketika itu. (SZ/P-4)

ANTARA/ANDI LALA

PATOK TAPAL BATAS: Warga melihat patok tapal batas di Dusun Maludin, Desa Temajok, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, kemarin. Patok semen tersebut merupakan penanda tapal batas yang memisahkan Indonesia dengan Malaysia.

Pertahanan Wilayah Luar RI Rapuh Fokus perdebatan terkait dengan sengketa wilayah RI-Malaysia hanya berkisar pada patok batas wilayah. KRISTANTYO WISNUBROTO

K

LAIM Malaysia terhadap sejumlah titik di perbatasan dengan mudah bisa dilakukan karena rapuhnya sistem pertahanan wilayah terluar RI. Hal itu disampaikan mantan Menteri Pertahanan Keamanan/Panglima ABRI (Menhankam/pangab) Jenderal (Purn) Wiranto, kemarin, di Gedung DPR, Jakarta, saat

memberikan paparan selaku Ketua Umum Partai Hanura di hadapan pimpinan dan anggota Fraksi Hanura. “Dulu kita pikir bahwa sistem pertahanan kita betul. Tetapi ternyata, ada sistem pertahanan fisik yang lemah,” ujarnya. Seharusnya, menurut Wiranto, pertahanan luar Indonesia menerapkan sistem keamanan dengan sabuk pengaman. Yakni, sambung dia, memperkuat sistem pengamanan di perbatasan. “Sekarang seolah

dilupakan bahwa secara alamiah pertahanan yang kuat di perbatasan luar sebetulnya melindungi yang di dalam. Telur itu kan keras di luar dan lembut di dalam,” tuturnya. Diberitakan sebelumnya, dua wilayah yang berada dalam kedaulatan Indonesia, yakni Camar Bulan seluas 1.449 ha dan Tanjung Datu seluas 8.000 m2 di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), diklaim oleh Malaysia. Fakta itu terungkap setelah anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDIP Tb Hasanuddin dalam investigasinya memperoleh sebuah dokumen rahasia. Sejauh ini, pemerintah meresponsnya dengan me-

Dulu kita pikir bahwa sistem pertahanan kita betul. Tetapi ternyata, ada sistem pertahanan fisik yang lemah.” Wiranto Ketua Umum Partai Hanura ngirimkan tim untuk memperbaiki dan mengembali patok batas di kedua wilayah itu ke koordinat semula. Terkait itulah, Wiranto memandang perlu segera dilakukan penguatan sistem

untuk perbatasan luar agar pertahanan Indonesia tidak lemah. “Saat ini begitu mudah Malaysia curi kayu. Banyak panglima kodam yang laporkan pencurian kayu. Sampai di sana, mereka temukan alat berat dari Malaysia. Kemarin saya di Kalimantan, ternyata di border cross banyak wilayah yang sulit ditembus.” Wiranto juga mengkritisi fokus perdebatan yang terjadi antara pemerintah dan DPR terkait sengketa wilayah RIMalaysia. Pasalnya, menurut dia, sejauh ini perdebatan hanya berkisar pada patok batas wilayah. “Mereka kini hanya permasalahkan patok batas,”

ujarnya. Padahal, Wiranto menandaskan, hal penting yang perlu diperhatikan adalah batas psikologis. Batas psikologis tersebut, sambung dia, berkaitan dengan rasa nasionalisme warga di Tanjung Datu dan Camar Bulan. “Yang harus diperhatikan adalah apakah warga Camar Bulan dan Tanjung Datu masih merasa sebagai warga negara Indonesia? Apakah perhatian pemerintah Indonesia terhadap daerah itu tetap konsisten? Walau tanda masih ada, kalau kehidupan sehari-hari ekonomi didominasi Malaysia, terutama terkait ekonomi, pasar, itu bisa dikata-

kan dicaplok?” tandasnya. Lacak pergeseran patok Sementara itu, Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso mengungkapkan pihaknya telah menyetujui permohonan dari Komisi I dan Komisi II DPR untuk mengunjungi wilayah perbatasan RI-Malaysia di Kalimantan pada Sabtu (15/10). “Kunjungan lapangan dari Komisi I dan Komisi II untuk melacak kembali daerah-daerah perbatasan yang patoknya digeser baik dari Kalbar maupun Kaltim,” katanya. (*/P-3) kristantyo @mediaindonesia.com


4

P OLKAM

JUMAT, 14 OKTOBER 2011

Pengusaha Dikutip DPR Rp2,7 M

DINAMIKA Penyuap Hakim Dituntut 3,5 Tahun Penjara KURATOR PT Skycamping Indonesia (PT SCI) Puguh Wirawan dituntut vonis penjara selama 3 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp150 juta subsider empat bulan kurungan. Jaksa penuntut umum Zet Tadung Allo mengatakan itu saat membacakan tuntutan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, kemarin. Jaksa menilai Puguh terbukti melakukan penyuapan terhadap hakim pengawas PN Jakpus Syarifuddin Umar dalam kasus pengurusan penanganan perkara penjualan aset pailit PT SCI. Saat menanggapi tuntutan itu, Puguh mengatakan kuasa hukumnya akan mengajukan pembelaan pada persidangan berikut.(*/P-1)

Pengusaha takut untuk melapor sebab nanti akan menjadi orang yang terlibat dalam upaya suap-menyuap. KRISTANTYO WISNUBROTO

W

AKIL Ketua DPD yang juga penggerak Posko Pengaduan Praktik Mafia Anggaran (P2MA), Laode Ida, kemarin, pukul 15.7017.00 WIB menerima pengaduan seorang pengusaha dari Jakarta. Pengadu mengaku dirugikan Rp2,7 miliar oleh dua anggota DPR dari dua partai politik (parpol). Pengusaha tersebut melaporkan ke Posko P2MA karena dua anggota DPR itu belum mengembalikan uang tersebut. Pasalnya, dua anggota dewan itu tidak bisa membuktikan bahwa akan ada dana

Kami menerima laporan dari seorang pengusaha di Jakarta korban mafia anggaran dengan nominal dana Rp2,7 miliar. Oknum yang menipu melibatkan dua anggota Senayan dari dua parpol.” Laode Ida Wakil Ketua DPD penyesuaian infrastruktur daerah (DPID) sebesar Rp40 miliar untuk salah satu wilayah di Sulawesi. “Kami menerima laporan dari seorang pengusaha di Jakarta korban mafia anggaran dengan nominal dana Rp2,7 miliar. Oknum yang menipu melibatkan dua anggota Senayan dari dua parpol,” tegas Laode di Jakarta, kemarin. Menurutnya, pengusaha tersebut sudah memberikan uang muka sebesar Rp2,7 miliar untuk mendapatkan dana DPID tahun 2010. Namun, setelah uang diserahkan, DPID tidak kunjung dicairkan. Pengusaha itu menuturkan kepada Laode bahwa pada 2010 uang Rp2,7 miliar itu diberikan kepada dua anggota DPR tersebut di salah satu rumah makan di kawasan Jakarta. Uang itu diberikan karena mereka dijanjikan oleh dua anggota DPR itu akan mendapatkan anggaran DPID untuk salah satu wilayah di Sulawesi tahun anggaran 2011 sebesar Rp40 miliar. Pengusaha itu kemudian

memenuhi keinginan anggota DPR untuk menyerahkan uang muka sebesar Rp2,7 miliar secara tunai. Saat menyerahkan uang tersebut, pengusaha itu mengaku tidak menggunakan bukti seperti kuitansi. Sebab, antara pengusaha dan anggota DPR itu sudah saling paham dan saling percaya. “Pengusaha itu mengaku ke saya tidak pakai kuitansi. Tapi uang yang dibayar cash,” terang Laode. Penyerahan uang di sebuah rumah makan disaksikan beberapa teman pengusaha itu. Laode menyebutkan, kedua anggota DPR tersebut mengungkapkan kepada pengusaha itu optimisme mereka bahwa anggaran DPID sebesar Rp40 miliar segera dicairkan. Pengusaha itu pun yakin 100% dan tidak ada pikiran sama sekali bahwa dirinya ditipu. “Karena memang di antara mereka sudah terjalin kerja sama yang sistematis. Jadi saling percaya,” cetus Laode. Namun, setelah penganggaran DPID cair, anggaran untuk salah satu wilayah Sulawesi yang telah dijanjikan dua anggota DPR itu batal. Namun, uang sudah digunakan oleh mereka. Janji kembali Laode menuturkan, kedua anggota DPR itu pernah berjanji akan mengembalikan uang Rp2,7 miliar kepada pengusaha tersebut pada Januari 2011. Namun, janji itu tidak pernah terealisasi. Bahkan, si pengusaha sudah berbaik hati memberikan kemungkinan bagi dua anggota DPR tersebut untuk bayar dua kali. “Tapi selalu saja kedua anggota DPR berkelit,” jelas Laode. Dia menambahkan, pengusaha tersebut selama ini pun tidak pernah bosan menagih kembali uang miliknya. Namun, berkali-kali juga dua anggota DPR itu berkelit. “Pengusaha itu tidak digubris. Sebetulnya dia sudah lama ingin melaporkan kedua anggota DPR tersebut, tetapi takut. Pengusaha tersebut takut untuk lapor sebab dirinya nanti akan menjadi orang yang terlibat dalam upaya suap-menyuap,” tutur Laode. (*/P-4) kristantyo@mediaindonesia.com

ANTARA/DHONI SETIAWAN

TERORISME: Terdakwa tindak pidana terorisme Abu Tholut (tengah) dikawal petugas seusai menjalani sidang pembacaan vonis di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, kemarin. Abu Tholut divonis delapan tahun penjara atas dakwaan memimpin pelatihan militer di Aceh.

Abu Tholut Divonis 8 Tahun TERDAKWA kasus terorisme di Aceh, Abu Tholut, dijatuhi vonis hukuman delapan tahun penjara. Vonis itu lebih ringan empat tahun daripada tuntutan jaksa sebelumnya, yakni 12 tahun penjara. Dalam sidang putusan yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, kemarin, majelis hakim menilai Tholut alias Ibnu Muhammad alias Agus Hamzah terbukti secara sah dan meyakinkan terlibat dalam aksi terorisme dengan memimpin latihan militer di Aceh. “Terdakwa telah terbukti memiliki dan menyimpan senjata api serta bahan peledak.

Untuk itu majelis hakim menjatuhkan hukuman delapan tahun penjara kepada terdakwa Abu Tholut,” kata Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Musa Arief Aini. Dalam putusannya Musa mengungkapkan, Tholut bertindak sebagai pemimpin dalam latihan militer bagi sekelompok warga sipil di Aceh. Ia mengajarkan cara membongkar pasang senjata seperti jenis M16 dan AK47, menembak, membaca peta, latihan strategis posisi bertahan, dan berbagai ilmu bela diri. Setidaknya ada 43 orang yang diketahui mengikuti latihan

militer tersebut. Ditambahkannya, Tholut terbukti terlibat tindak pidana terorisme setelah ditunjuk Abu Bakar Ba’asyir sebagai pimpinan tadrib untuk membuat latihan militer di Aceh. Vonis itu langsung mendapat perlawanan hukum dari Abu Tholut. Ia mengatakan akan mengajukan banding melalui pengacaranya. Pengacara Tholut, Ashluddin, mengatakan akan mempelajari putusan tersebut. Sikap serupa dinyatakan jaksa penuntut umum Bambang Suharyadi. Meski vonis itu jauh lebih rendah daripada tuntutan, tim jaksa akan mem-

pelajari terlebih dulu materi putusan hakim. Vonis kali ini adalah untuk kedua kalinya bagi Tholut. Pada 2003 Tholut pernah ditangkap dan diganjar vonis delapan tahun penjara, tapi kemudian mendapat remisi empat tahun dan bebas pada 2007. Laki-laki yang pernah menjadi buron nomor satu kepolisian itu pernah menjadi pelatih askary (angkatan perang) Jemaah Islamiyah. Alumnus kelompok jihad di Afghanistan itu juga pendiri Ubaidah, kamp militer di Filipina, termasuk mendirikan pelatihan militer teroris di Jantho, Aceh Besar. (*/T-1)

Agenda Pengawasan DPR Tiba-Tiba Raib AGENDA rapat dengar pendapat Komisi III DPR dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kepolisian, dan kejaksaan tiba-tiba raib dari jadwal. Anggota Komisi III dari Fraksi Partai Golkar Bambang Soesatyo menduga itu adalah ulah pimpinan Komisi III agar kasus hukum yang tengah membelit Muhammad Nazaruddin dan Andi Nurpati tidak diungkit anggota Komisi III. “Anggota mempertanyakan apa motif pimpinan Komisi III meniadakan rapat dengar pendapat dengan pimpinan KPK, Jaksa Agung, dan Kapolri pada masa sidang ini,” ujar Bambang di Gedung DPR Jakarta, kemarin. Ia menduga, peniadaan agenda secara diam-diam itu agar anggota dewan tidak bisa menanyakan perjalanan kasus hukum Nazaruddin dan Andi Nurpati kepada lembaga

penegak hukum. “Sehingga mendorong peniadaan jadwal rapat dengan instansi-instansi tersebut,” tukasnya. Seingatnya, rapat terakhir dengar pendapat dengan lembaga penegak hukum digelar sebelum anggota Komisi III memilih hakim agung yang baru, yakni awal Oktober. Dan hingga masa sidang periode ini berakhir pada 28 Oktober, Komisi III tidak dijadwalkan rapat dengan mitra kerjanya. “Saat rapat internal sebelum seleksi hakim agung, kita jadwalkan rapat dengan tiga lembaga tersebut. Menurut rencana, rapat dilakukan setelah seleksi hakim agung selesai. Tapi kok sekarang jadi tidak ada?” tanyanya heran. Ia menduga ada maksud tertentu dari pimpinan Komisi III melakukan itu karena tidak mau tersandera oleh kasus hukum. “Bisa saja adanya KPK

MI/M IRFAN

Bambang Soesatyo Anggota Komisi III dari Fraksi Partai Golkar dan Kapolri dalam rapat akan membuat gaduh lagi. Bisa soal pemeriksaan komite etik terkait dengan ocehan Nazaruddin dan kasus mafia hukum terkait dengan Andi Nurpati yang kini mulai senyap,” keluhnya. Raibnya agenda rapat juga dipertanyakan anggota Komisi III dari Fraksi PKS Aboebakar Alhabsy. “Persoalan ini memang sempat menjadi kasak-kusuk di

antara anggota Komisi III. Saya juga tidak tahu pasti apa motif dari pimpinan meniadakan agenda tersebut pada masa sidang ini,” ujarnya. Ia mengeluh hal itu bisa membuat beberapa aspirasi daerah yang seharusnya dapat disampaikan pada rapat kerja akhirnya harus tertunda. Oleh karena itu, ia mendesak agar pimpinan Komisi III dapat memberikan penjelasan mengenai persoalan ini. Ia berharap, hal itu tidak terulang kembali di masa sidang berikutnya. “Tentunya kita tak ingin spekulasi tersebut berkembang. Karenanya keterbukaan pimpinan diperlukan. Penjelasan dari pimpinan sangat penting karena saat ini banyak kolega yang separtai Ketua Komisi III yang bermasalah dengan penegak hukum, baik dalam kasus wisma atlet maupun mafia pemilu,” kata Aboebakar. (Wta/T-1)

Pekerja Media masih Kerap Terancam KEBERADAAN pekerja media massa belum aman dari ancaman kekerasan dan diskriminasi dalam menjalankan tugas jurnalistik. “Pekerja media masih belum aman karena masih banyak yang belum siap berdemokrasi,” kata Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Saharuddin Daming di Makassar, Sulawesi Selatan, kemarin. Menurut dia, jurnalis sebagai bagian dari human right defenders atau pembela HAM secara de facto masih banyak menemukan ancaman dari narasumber hingga mendapatkan perlakuan kekerasan, bahkan pembunuhan. Dia mengatakan peranan jurnalis dalam tugas adalah memberikan informasi tentang hak-hak masyarakat, termasuk bagi penyandang disabilitas, sehingga sangat penting untuk mendapatkan perlindungan sebagai bagian dari penegakan HAM. (Ant/P-1)

Aktivis Bendera Diganjar 7 Bulan Penjara DUA aktivis LSM Benteng Demokrasi Rakyat (Bendera) Mustar Bonaventura dan Ferdi Semaun dinyatakan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terbukti mencemarkan nama baik tim sukses Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Keduanya diputus mendekam dalam bui selama 7 bulan penjara. Putusan tersebut lebih rendah 5 bulan dari tuntutan jaksa semula, yakni 1 tahun penjara. “Terdakwa terbukti sah dan meyakinkan melakukan pencemaran nama baik orang dan lembaga. Menghukum keduanya dengan 7 bulan penjara,” ucap Ketua Majelis Hakim Bayu Istiyatmiko dalam pembacaan putusan, kemarin. Majelis hakim menyatakan hal yang memberatkan terdakwa ialah keterangannya berbelit-belit sehingga menyulitkan proses pemeriksaan. (VB/P-2)

KPK Harusnya Bisa Menggeledah tanpa Izin Pengadilan UNDANG-UNDANG Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memiliki kelemahan yang harus disempurnakan. Di antaranya terkait dengan pembukaan rekening seseorang yang diduga terlibat suatu kasus oleh penyidik. Demikian diungkapkan calon pimpinan KPK yang juga Penasihat KPK Abdullah Hehamahua seusai menjalani uji kepatutan dan kelayakan oleh Dewan Perwakilan Daerah di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin. Kelemahan itu, ungkap Hehamahua, adalah rekening seseorang bisa dibuka kalau statusnya sudah tersangka. “Seharusnya itu sejak tahap penyelidikan sudah bisa dibuka,” ujar Hehamahua. Menurut mantan Ketua Komite Etik itu, kelemahan lain KPK adalah soal penggeledahan yang harus mendapat izin pengadilan

negeri. Menurutnya, masalah penggeledahan KPK cukup memberi tahu pengadilan negeri tanpa menunggu permohonan izin penggeledahan. “Kalau izin, akan menimbulkan kesulitan dan prosesnya lama. Bagaimana kalau yang mau digeledah Ketua Pengadilan Negeri? Jadi cukup pemberitahuan saja,” tandasnya. Kelemahan UU KPK selanjutnya, tambah Hehamahua, adalah masalah kejelasan masa jabatan pimpinan KPK. Dia menilai, polemik pemilihan calon pimpinan saat ini karena adanya putusan Mahkamah Konstitusi. Ke depan perlu dipertimbangkan perlunya pergantian antarwaktu (PAW) untuk pimpinan KPK, seperti di DPR. Dia pun menyatakan tidak sepakat apabila ada revisi UU KPK terkait dengan pasal-pasal penuntutan. Sebelumnya, Wakil

MI/RAMDANI

UJI KEPATUTAN DAN KELAYAKAN: Calon pemimpin KPK (dari kiri) Aryanto Sutadi, Handoyo Sudrajat, dan Abdullah Hehamahua saat menjalani uji kepatutan dan kelayakan oleh DPD, di Gedung DPD, Jakarta, kemarin.

Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsudin mengatakan ada beberapa pasal yang menjadi perhatian Komisi III terkait UU KPK seperti masalah penuntutan, yaitu dikembalikan kepada kejaksaan. Hehamahua menyebutkan, jika penuntutan dikembalikan kepada kejaksaan, KPK tak perlu ada lagi. “Kewenangan KPK yang ada saat ini sudah cukup. KPK menangani kejahatan-kejahatan luar biasa sehingga penanganannya pun harus memakai extraordinary law dan extraordinary process, karenanya KPK menjadi lembaga extraordinary body,” tegasnya. Selain soal penuntutan, kewenangan SP3 juga menjadi sorotan Komisi III DPR. Abdullah pun mengatakan surat perintah penghentian penyelidikan (SP3) tidak ada dalam UU KPK sudah menjadi keputusan yang benar. Segala yang dilakukan KPK

artinya dilakukan dengan sangat hati-hati khususnya dalam menentukan tersangka. “KPK tidak diperbolehkan mengeluarkan SP3. Karena tersangka kasus yang sudah ditetapkan tidak akan dicabut. Itu untuk kehati-hatian betul dalam menetapkan tersangka,” tuturnya. Sehari sebelumnya, dalam forum yang sama, calon pimpinan KPK Bambang Widjojanto mengatakan putusan bebas terhadap wali kota nonaktif Bekasi Mochtar Muhammad oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung menjadi pelajaran bagi KPK untuk merumuskan dakwaan lebih teliti. “Untuk kasus ini saya melihatnya dalam perspektif yang positif. Ini tantangan bagi KPK kalau merumuskan dakwaan harus lebih teliti lagi. Kalau mengajukan orang itu, bukti-buktinya harus lebih kuat,” ujarnya. (Wta/*/P-4


P OLKAM

JUMAT, 14 OKTOBER 2011

5

Semua Caleg Wajib Laporkan Dana Kampanye Keterbukaan dana kampanye caleg ataupun parpol diharapkan bisa menutup peluang politisi korup masuk parlemen. NURULIA JUWITA SARI

S

MI/RAMDANI

BAHAS RUU PEMILU: Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary didampingi anggota KPU Syamsul Bahri saat rapat dengar pendapat umum dengan Pansus RUU Pemilu di Gedung DPR, Jakarta, kemarin. Abdul Hafiz Anshary mencetuskan usulan agar jumlah daerah pemilihan (dapil) ditetapkan dalam Undang-Undang Pemilu.

Fahri tidak Layak Pimpin Panja PENETAPAN Wakil Ketua Komisi III DPR Fahri Hamzah sebagai Ketua Panitia Kerja Rancangan Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (Panja RUU KPK) menuai kekecewaan. Komisi III DPR seharusnya tidak hanya mempertimbangkan asas proporsionalitas. “Disayangkan sekali penetapan Fahri Hamzah sebagai Ketua Panja RUU KPK. Kalau berbicara proporsionalitas kerja setiap unsur pimpinan Komisi III, Fahri memang sedang lowong. Namun, dengan

mempertimbangkan profil integritas, seharusnya Komisi III lebih bijak mendahulukan unsur pimpinan Komisi III lainnya,” ujar Ronald Rofiandri, Direktur Monitoring, Advokasi, dan Jaringan Pusat Studi Hukum dan Kebijakan di Jakarta, kemarin. Pernyataan Fahri yang mencetuskan pembubaran KPK dalam rapat konsultasi beberapa pekan lalu masih segar dalam ingatan, dan juga, kata Ronald, Fraksi PKS mengakui hal itu sebagai pernyataan pribadi Fahri dan dianggap

sebagai bagian dari dinamika. “Tapi dengan keberadaan dia sebagai Ketua Panja RUU KPK, sulit rasanya membedakan mana yang menjadi pandangan Fraksi PKS dan mana yang menjadi pandangan individu Fahri,” tukasnya. Komisi III DPR yang membidangi hukum pada Rabu (12/10) menggelar rapat internal dengan agenda rencana prolegnas terhadap revisi UU KPK tersinergi dengan revisi UU Tipikor. Pemimpin rapat tidak lain adalah politikus PKS Fahri Hamzah yang sebelum-

nya sempat mengusulkan pembubaran lembaga yang dipimpin Busyro Muqqodas itu. Dalam rapat DPR itu, salah satu wacana yang muncul adalah pengadaan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) di KPK dan pengembalian fungsi penuntutan kepada UU Kejaksaan Agung. Saat dimintai tanggapan, Wakil Ketua KPK M Jasin menilai tidak adanya SP3 di dalam KPK membuat lembaga koruptor itu terhindar dari transaksitransaksi penghentian kasus. (Wta/SZ/*/P-2)

EMUA calon anggota legislatif (caleg) diharuskan melaporkan dana kampanye kepada partai untuk kemudian diaudit oleh akuntan publik. Untuk memastikan ketaatan, caleg yang tidak melapor harus dikenai sanksi oleh partainya. Sanksi terberat bisa sampai pembatalan pencalonan. Usulan itu tertuang dalam masukan yang disampaikan Ikatan Akuntan Publik (IAI) pada rapat dengar pendapat umum Rancangan UndangUndang Pemilihan Umum (RUU Pemilu) di Gedung DPR, kemarin. “Calon legislatif yang melakukan kampanye otomatis mengampanyekan partai politiknya. Oleh karena itu, semua laporan dana kampanye caleg harus disampaikan kepada parpol, dan parpol wajib mengonsolidasikannya,” ujar Kris Kuntadi, anggota Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Kris menjelaskan, saat Pemilu 2009 lalu, yang diperiksa hanyalah dana kampanye partai politik. “Kalau dana kampanye partai politik, yang keluar masuk bisa ke rekening semua. Tapi untuk caleg-calegnya,

mereka kan menerima sendiri dana-dananya, lalu dikeluarkan sendiri. Ini tidak dibuat laporannya.” Teknis pelaporannya kelak, sambung dia, para caleg mengumpulkan laporan dana kampanye kepada partai di tingkat kabupaten/kota, untuk kemudian dikumpulkan di tingkat provinsi dan disatukan di tingkat pusat. Laporan dari DPP partai politik inilah yang akan menjadi bahan audit. “Dengan demikian, audit hanya perlu dilakukan terhadap laporan dana kampanye partai politik yang telah dikonsolidasikan saja.” Anggota Dewan Pengurus IAI lainnya, Iwan Setiawan, menambahkan, bahkan perlu diatur sanksi bagi para caleg yang tidak melaporkan dana kampanye. Sanksi oleh parpol dapat dengan menghapus caleg tersebut dari daftar caleg parpol, dan atau Komisi Pemilihan Umum (KPU) membatalkan pencalonannya. “Ada baiknya mencantumkan sanksi supaya ada konsekuensi. Harus ditekankan kalau menyerahkan laporan justru mendapat kepercayaan publik,” kata Iwan. Sebelumnya, Indonesia Corruption Watch (ICW) menggugat sembilan partai peraih kursi di DPR hasil Pemilu 2009 ke

Komisi Informasi Pusat (KIP). Sembilan partai tersebut belum melaporkan catatan pengelolaan keuangan parpol kepada KPU, pemerintah, dan publik. Tambah dapil Pada kesempatan berikutnya, Komisi Pemilihan Umum juga memberikan masukan kepada Pansus RUU Pemilu. Mereka mencetuskan usulan agar jumlah daerah pemilihan (dapil) ditetapkan dalam Undang-Undang Pemilu. “Kalau mau aman, dapilnya ditetapkan di undang-undang saja. Karena kalau KPU yang menetapkan, ada pihak-pihak yang tidak puas, ini rentan dipersoalkan. Tapi kalau DPR yang menetapkan, tidak ada yang berani, paling diuji materi ke MK,” ujar Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary. Hafiz juga mengusulkan agar jumlah dapil ditambah. “Jadi berapa jumlah kursi lalu jumlah dapilnya dibagi dua saja sehingga surat suaranya tidak terlalu besar,” tuturnya. Ia menambahkan, untuk dapil luar negeri yang mewakili 173 negara sebaiknya dibuat dapil tersendiri. Pada Pemilu 2009, jumlah dapil mencapai 77. Ada wacana dari sejumlah parpol, dapil diperluas menjadi 100 sehingga jumlah kursi berkurang dan persaingan para caleg makin kompetitif. (P-2) nurulia@mediaindonesia.com


M EGAPOLITAN

6

JUMAT, 14 OKTOBER 2011

Pembunuh WN Singapura Terungkap Motif pembunuhan diduga karena tersangka ingin memiliki Blackberry, Iphone, laptop, modem Smart Fren, dan kartu kredit milik korban. ANATA SYAH FITRI

P

ELAKU pembunuhan warga negara Singapura di Apartemen Mall of Indonesia (MOI) ternyata Edi Hidayat, 20, cleaning service. Ini merupakan kasus pembunuhan kedua di apartemen kawasan MOI yang melibatkan pihak dalam apartemen selama setahun terakhir. Korban bernama Chellapan Karunanindhi, 43, kepala proyek PT Jurong Enginnering Lestari berada di Indonesia sebagai tenaga ahli dalam pengerjaan Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap Muara Tawar Bekasi. Korban ditemukan sopirnya tak bernyawa pada 1 Oktober malam di kamarnya, Apartemen MOI Tower Miamy Bay. Chellapan keturunan India yang bekerja di Indonesia sejak 7 September 2011. “Korban tewas dengan luka tusuk senjata tajam di leher sebelah kanan. Dia ditusuk dari depan,” ujar Kasat Reskrim Polres Jakarta Utara AKB Irwan Anwar, kemarin. Barang bukti yang disita berupa pisau dapur bergagang

plastik warna biru. Menurut Irwan, senjata tersebut tidak dipersiapkan dengan sengaja oleh tersangka, tetapi dibeli sopir korban untuk keperluan dapur. Barang bukti lainnya, lanjut Irwan, pakaian korban yang bernoda darah. Tersangka telah bekerja selama empat bulan sebagai cleaning service outsourching di Apartemen MOI. Tersangka mengontrak di Jalan Plumpang B RT 11, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara. Pria kelahiran Sidoarjo tersebut dalam pemeriksaan mengaku ditelepon oleh korban untuk membersihkan kamarnya pada malam kejadian. Tersangka yang cukup fasih berbahasa Inggris bergaul akrab dengan korban. Sebelumnya korban juga pernah menetap di Indonesia dan tinggal di Tower Santa Monica Apartemen MOI. Korban sering pulang kerja pada malam hari dan biasa menyuruh tersangka membersihkan kamarnya. Setelah membunuh korban, tersangka bersikap sangat tenang saat diinterogasi polisi pada malam kejadian. Namun, ia tidak mau lagi menggunakan lift penghuni, tetapi lift barang

untuk naik dan turun. Keesokan harinya tersangka menghilang. Kepada temannya, ia minta libur karena ada keperluan ke Matraman, Jakarta Timur. Dari sana ia kemudian mudik ke Sidoarjo dan menjual sebagian barang milik korban.

Tersangka telah bekerja selama empat bulan sebagai cleaning service outsourching di Apartemen MOI.” Ingin memiliki Motif pembunuhan diduga karena tersangka ingin memiliki barang milik korban berupa Blackberry, Iphone, laptop, modem Smart Fren, kartu kredit Standard Charted, dan kartu kredit HSBC. “Tersangka menjual laptop milik korban seharga Rp1 juta dan Iphone seharga Rp700 ribu di pasar malam Sidoarjo,” tambah Irwan. Tersangka ditangkap sehabis makan malam di MOI, Rabu (12/10). Pada saat ditangkap ditemukan uang

AKHIR PEKAN

DIBAKAR WARGA: Truk nopol B 9849 ZJ yang mengangkut pasir hangus dibakar warga di Kecamatan

anata@mediaindonesia.com

Sukadiri, Tangerang, Banten, kemarin. Warga membakar truk itu karena menabrak Lulu Aidah Rachman, 15, hingga tewas.

MI/TRI HANDIYATNO

Usakti Serahkan Surat Komnas HAM

Wisata Uji Adrenalin di Kelapa Gading AROMA kemenyan merebak, begitu memasuki pintu gerbang stasiun kereta berlogokan BEOS. Serombongan remaja yang tampak ragu untuk masuk gerbang akhirnya saling dorong dan melangkah masuk. Tak berapa jauh, sebuah keluarga muda dengan satu anak masuk lebih dulu ke lorong gelap, menuju peron kereta. Tentu saja ini bukan stasiun Batavia En Omstreken (BEOS) yang sesungguhnya. Namun, setting dekorasi yang detail dan cantik sanggup membawa para pengunjung merasakan sensasi Stasiun BEOS alias Stasiun Kota Tua pada 1930. Ini adalah wahana Misteri Gerbong Hantu, dalam gelaran Shockbuster di La Piazza Kelapa Gading, Jakarta Utara. Gelaran bertema Hallowen ini berisi sejumlah rangkaian acara yang dapat dinikmati sebulan penuh mulai 6 Oktober hingga 6 November 2011. Wahana Misteri Gerbong Hantu tampak paling mencuri hati pengunjung, terutama di akhir pekan. Pengunjung diajak berpetualang ke setting sebuah stasiun kereta tak terurus dan dihuni banyak hantu. Stasiun pertama di Jakarta itu bagaikan dicuplik dari kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, ke gedung La Piazza, dengan tambahan sentuhan nuansa misteri dan atmosfer yang mencekam. “Sangat menegangkan karena sound effect dan hantu-hantu yang menampakkan diri dalam berbagai bentuk,” ujar Melani, siswa kelas 3 SMPN 231. Jeritan-jeritan pengunjung menggema dari dalam wahana yang terletak di Multi Purpose Hall (MPH) dengan luas 650 meter persegi. Penampakan

tunai sebesar Rp650 ribu di sakunya yang diduga sisa dari penjualan laptop dan Iphone milik korban. “Apakah ada kemungkinan motif lain atau masih ada pelaku lain hingga kini masih kami dalami,” imbuh Irwan. Kasus pembunuhan tersebut merupakan yang kedua di apartemen MOI dalam setahun terakhir. Sebelumnya menimpa Yuli Kartika, 57, di Apartemen City Home Tower San Fransisko lantai 5 kompleks MOI. Salah satu dari empat tersangka, yakni Ariyanto, 23, merupakan mantan security. Ia mengetahui seluk beluk apartemen dan dapat menghindari CCTV yang terpasang di apartemen tersebut. Tersangka akan diperiksa secara kejiwaan karena sikapnya sangat tenang dalam memberikan setiap keterangan. Saat ini, Edi Hidayat dikenai ancaman KUHP Pasal 338 tentang Pembunuhan, Pasal 339 tentang Pembunuhan dengan Pemberatan, serta Pasal 365 tentang Pencurian Disertai Kekerasan, dengan hukuman penjara maksimal 20 tahun. (J-1)

PIMPINAN Universitas Trisakti yang diwakili antara lain oleh Ketua Senat Universitas Trisakti Prayitno, Wakil Rektor II Itjang Gunawan, dan Ketua Forum Komunikasi Karyawan Usakti Advendi Simangunsong menyerahkan surat dari Komnas HAM kepada Kapolres Jakarta Barat. Hal itu dilakukan guna memberikan penjelasan kepada Kapolres Jakarta Barat tentang konsekuensi yang timbul apabila putusan MA dilaksanakan. “Kami secara resmi mendapatkan surat tembusan dari Komnas HAM yang ditujukan

kepada Kemendiknas RI dan salinan itulah yang kami serahkan ke Kapolres Jakarta Barat,” kata Advendi Simangunsong di Jakarta, kemarin. Surat Komnas HAM kepada Menteri Pendidikan Nasional RI No 2.098/K/PMT/VIII/2011 tanggal 16 Agustus 2011 itu memuat perihal pemenuhan hak atas pendidikan bagi mahasiswa Universitas Trisakti. Dalam surat itu ditegaskan bahwa Putusan Mahkamah Agung RI No 821/K/Pdt/2010 tanggal 28 September 2010, pada Amar No 4 berpotensi melanggar hak asasi manusia (HAM).

“Jika amar putusan nomor 4 dilaksanakan, yang terancam tidak boleh memasuki kampus bukan hanya 9 orang pemimpin Usakti saja. Namun, ribuan dosen serta karyawan pun sebagai pihak yang telah mendapatkan wewenang dari rektor, juga masuk kategori pihak yang tidak boleh memasuki kampus dan melakukan Tridarma Pendidikan Tinggi,” ujar Advendi. Hal itu, lanjutnya, akan menimbulkan gejolak yang luar biasa. “Bahkan para mahasiswa yang berkuliah di Usakti atas persetujuan dan wewenang rektor pun, bisa masuk dalam

kategori itu,” tambahnya. Ketua Senat Universitas Trisakti menyatakan apresiasinya pada surat Komnas HAM kepada Mendiknas tersebut. Komnas HAM meminta Mendiknas untuk mengambil alih persoalan ini, agar tidak terjadi pelanggaran HAM, khususnya hak atas pendidikan dan hak untuk mengembangkan diri sebagaimana diatur dalam Pasal 12 UU No 39 Tahun 1999. “Jadi, jelaslah jika eksekusi tetap dilakukan akan melanggar Pasal 12 UU No 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia,” ujar Prayitno. (*/J-2)

Polusi Baja Mirip Kabut

hantu cukup mencekam, di ruangan yang dingin pula, membuat adrenalin kita terpacu kuat. Sang hantu pun menampakkan diri dengan berbagai profesi. Mulai dari masinis, petugas peron, satpam, petugas kebersihan, hingga penumpang. Tentunya dalam balutan kostum horor. Ada dua jalur yang sering dicoba pengunjung, yaitu Wahana Stasiun dan Wahana Gerbong, masing-masing memiliki sensasi misteri yang berbeda. Ketika memasuki Wahana Stasiun, pengunjung akan dibawa menyusuri koridor gelap yang berujung di kafetaria yang dipenuhi banyak meja makan.

Setelah disambut seorang perempuan penjaga peron, berbagai kejutan pun menanti. “Cukup menegangkan,” ujar Andre pengunjung La Piazza yang membawa istri dan dua anaknya. Jika pengunjung memilih Wahana Gerbong. Komposisi dekorasi dibuat semirip mungkin dengan suasana di dalam gerbong kereta. Lorong-lorong gelap dan sederet bangku penumpang yang kosong di sisi-sisi gerbong yang sempit memacu ketegangan pengunjung. Hati-hati untuk melirik ke jendela gerbong, karena entah kejutan apa mungkin tampak di baliknya. (Anata Syah Fitri/J-3)

BADAN Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kabupaten Tangerang angkat tangan soal pencemaran lingkungan yang berasal dari PT Sanex Steel Indonesia (SSI) dan menyerahkan sepenuhnya hal itu kepada Bupati Tangerang Ismet Iskandar. “Setelah kami bertemu dengan pihak PT SSI beberapa waktu lalu, kami langsung mengirimkan surat kepada Pak Bupati agar menangani kasus tersebut,” kata Kepala Bidang Bina Hukum dan Lingkungan BLHD Kabupaten Tangerang, Karnata, kemarin. Di dalam surat tersebut, ia memaparkan telah mendesak PT SSI menghentikan pencemaran lingkungan dengan cara menutup empat tungku peleburan baja milik perusahaan tersebut. Sebab, tambah dia, dalam menjalankan peleburan baja, perusahaan itu telah mengeluarkan asap dan debu/ partikulat beracun. “Tugas kami hanya melakukan verifikasi apakah pencemaran yang dilakukan oleh PT Sanex Steel Indonesia itu berbahaya atau tidak. Selanjutnya

kami limpahkan ke Pak Bupati untuk ditindaklanjuti.” Sebaliknya Kabag Humas Pemkab Tangerang Yeyet Syarif Anwar justru mengaku belum tahu perkembangan kasus PT SSI. “Kami belum mendapat tembusan soal kasus tersebut. Biasanya untuk pengawasan bisa langsung ke Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja),” kata dia. Ketika dikonfirmasi ke Kabid Operasional Satpol PP Kabupaten Tangerang, Desi, telepon selulernya tidak aktif. Berdasarkan pemantauan di lapangan, meski sudah dalam tahap pemantauan Kementerian Lingkungan Hidup dan Pemkab Tangerang, perusahaan peleburan baja tersebut tetap saja beroperasi. Asap hitam tampak jelas keluar dari empat tungku peleburan. Masyarakat di kawasan Milenium Industrial Estate, Jalan Syech Nawawi, Desa Budi Mulya, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, tempat peleburan berlangsung, sudah lama mengeluhkan polusi baja. “Hampir setiap bulan kami ke puskesmas karena sakit saluran pernapasan,” keluh

MI/TRI HANDIYATNO

MENDESAK UNTUK DITUTUP: Sejumlah warga berunjuk rasa di depan pabrik PT Sanex Steel Indonesia (SSI) di Cikupa, Tangerang, Senin (19/9). Wisnu, warga RT 03/01 Desa Budi Mulya. Warga sudah kerap mengadu ke kantor desa, namun tak pernah ditanggapi. Pencemaran udara dari pabrik PT SSI yang mengecor besi-besi tua menjadi baja

membuat kawasan itu seperti kabut. Karyawan perkantoran di kawasan itu juga harus rutin mengelap meja, kaca, atau permukaan lain karena debu yang dibawa asap menempel cukup tebal. (SM/J-1)


M EGAPOLITAN

JUMAT, 14 OKTOBER 2011

Korban Pencurian Pulsa kembali Lapor Polisi

LINTAS BERITA 5 ABG Lolos dari Perdagangan Orang LIMA remaja di bawah umur asal Kota Depok kabur dari tempat penampungan perdagangan wanita di Pecenongan, Jakarta Pusat. Lima anak baru gede (ABG) warga Kampung Lio RT 005 RW 03, Kelurahan Depok, Pancoran Mas, Kota Depok, itu ialah Encum Sumiati, 15, Wulandari, 14, Paola, 14, Dina Marlina, 15, dan Astri Astuti, 15. Kelima remaja itu didampingi orangtua mereka melaporkan Evita yang menawarkan pekerjaan ke Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Depok, kemarin. Menurut Astri, ia dan teman-temannya berhasil meloloskan diri setelah Evita, bos perdagangan wanita, sedang tidak di tempat, Rabu (12/10). Astri menambahkan, ia dan Evita bertemu, akhir pekan lalu, dan perempuan tersebut mengaku mencari tenaga kerja untuk perusahaannya dengan gaji Rp5 juta per bulan. Jika berminat, ia diminta membawa 5-10 teman lainnya. Namun, saat dijumpai di Pecenongan, Jakarta Pusat, Senin (10/10), mereka justru hendak dijadikan pelacur. (KG/J-4)

Polisi kesulitan menyidik kasus pencurian pulsa karena teknologi yang membuat bentuk kejahatan itu sulit didefinisikan antara pencurian dan penggelapan. EDNA AGITA TARIGAN

M

A S YA R A K AT korban pencurian pulsa kembali melapor ke aparat berwenang. Kali ini Maria Lintong dan Siti Zahra mendatangi Polda Metro Jaya untuk melaporkan provider layanan konten serta operator yang diduga menyedot pulsa mereka. “Saya melaporkan nomor layanan konten 2469. Selama ini saya tidak menyadari bahwa setiap saya membuka SMS dari nomor itu, pulsa saya yang terpakai Rp6.600,” ungkap Maria di Polda Metro Jaya, kemarin. Ia menuturkan, SMS dari nomor 2469 berisikan promosipromosi seperti gratis chating atau gratis mengikuti layanan jejaring sosial lewat SMS. “Saya tidak pernah merasa mendaftar ke konten ini tapi terus saja di-SMS. Sudah pernah unreg tapi muncul lagi layanan lain dari nomor yang berbeda,” ujarnya. Berhubung ia belum membawa bukti, petugas meminta datang lagi pada hari ini. Selain melaporkan pencurian pulsa berisikan layanan konten, ibu rumah tangga itu melaporkan perihal penyedotan pulsa layanan aktivasi Blackberry. “Pulsa saya saat itu hanya Rp50 ribu sehingga tidak cukup untuk aktivasi layanan bulanan Blackberry sebesar Rp99 ribu. Namun, kemudian secara otomatis pulsa saya tersedot Rp35 ribu. Saya matikan paket Blackberry itu ke nomor 333, tapi yang menjawab justru

nomor layanan operator biasa 116,” tuturnya. Ketika ditanya operator mana yang dilaporkan, Maria menjawab, “Nomor depan telepon saya adalah 0813XXXXXXX.” Sebelumnya, Mochammad Feri Kuntoro melaporkan PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) ke Polda Metro Jaya. PT Colibri Networks sebagai mitra Telkomsel balik menyerang dengan melaporkan Feri melakukan pencemaran nama baik. Feri terus maju. Ketua Lingkar Studi Mahasiswa (Lisuma) Al Akbar Ramadillah yang memelopori pengaduan pencurian pulsa berjanji menyediakan pengacara bagi Feri. Pengacara publik David ML Tobing juga tengah menyiapkan laporan untuk memidanakan PT Telkomsel. “Secepatnya saya laporkan kasus pemotongan pulsa secara sepihak ini ke polisi. Laporannya sedang disiapkan,” ungkap David. Asumsi kerugian, hanya dengan satu pesan pendek saja per hari, operator bisa mendapatkan keuntungan sebesar Rp504 miliar per bulan atau lebih Rp6 triliun per tahun. Polisi kesulitan Meski kasus ini cukup meresahkan, kepolisian belum juga menindak provider ataupun operator seluler. Lambatnya polisi, menurut kriminolog Universitas Padjadjaran Yesmil Anwar, karena mengalami kesulitan melihat kasus tersebut sebagai tindak pidana. Kesulitan polisi karena ada-

7

Diculik karena Utang Piutang PENCULIKAN dengan latar belakang utang piutang menimpa Arnold Richard Hutabarat, 49, warga Jalan Sriwijaya V No 2, Perumnas 3, Kota Tangerang, Banten. Ia disekap dan dianiaya selama tiga hari karena tidak mampu membayar utang Rp60 juta kepada Daeng, rekan bisnisnya. Menurut Arnold di Polres Metropolitan Tangerang, Banten, kemarin, ia diculik dan dianiaya selama tiga hari. Pada Senin (10/10), saat keluar dari salah satu minimarket di Tangerang, ia dihadang Daeng beserta empat temannya kemudian dibawa ke salah satu hotel di wilayah Mangga Besar, Jakarta. Awalnya ia diperlakukan baik, tetapi kemudian diperlakukan kasar, bahkan diancam dibunuh. Karena khawatir, Arnold mengajak pelaku kembali ke Tangerang dengan alasan menggadaikan STNK mobil saudaranya. Ia juga meminta saudaranya melapor ke polisi. Akhirnya saat tiba di rumah saudaranya, gerombolan Daeng ditangkap petugas Polres Metropolitan Tangerang. “Kasus perdata itu beralih ke pidana,” kata Kapolres Tangerang Komisaris Besar Tavip Yulianto. (SM/J-4)

Tender Kalibaru Diperpanjang

ANTARA/ERIC IRENG

LAPORKAN OPERATOR: Anak-anak SD ikut memprotes penipuan dan penyedotan pulsa yang marak akhir-akhir ini. Maria Lintong dan Siti Zahra, kemarin mendatangi Polda Metro Jaya untuk melaporkan provider layanan konten serta operator yang diduga menyedot pulsa mereka. nya teknologi yang membuat bentuk kejahatan sulit didefinisikan antara pencurian dan penggelapan. “Ini tindak pidana dengan motif baru, de ngan memanfaatkan teknologi, sedangkan pihak kepolisian masih dengan paradigma berpikir yang lama. Perlu ada semacam redefi-

nisi dalam melihat kasus ini,” jelasnya. Hal itulah yang memungkinkan terjadinya penggelapan secara sistematis yang sangat rentan dengan penipuan. Saat ini, lanjutnya, bagaimana caranya untuk mengubah kerugian yang dialami konsumen menjadi delik yang lebih berat

daripada yang terdapat di KUHP. “Polisi, jaksa, dan hakim harus cerdas melihat kasus ini. Jangan hanya berdasarkan pada KUHP, tapi juga harus mengikuti perkembangan teknologi,” jelasnya. (*/VB/J-1) edna@mediaindonesia.com

KEMENTERIAN Perhubungan mungkin akan memperpanjang jangka waktu pengembalian dokumen tender dari 17 hari menjadi 3 bulan. “Saat ini panitia sedang minta persetujuan tim asistensi untuk mengundurkan waktu pemasukan (dokumen) tender,” kata Direktur Pelabuhan dan Pengerukan Ditjen Perhubungan Laut Kemal Hardiyadi lewat layanan pesan singkat, kemarin. Sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, waktu minimum yang diberikan untuk pemberian dokumen penawaran tender proyek infrastruktur sederhana adalah dua hari kerja. Namun, peserta tender bisa meminta perpanjangan waktu. “Prinsipnya, panitia harus memberikan waktu yang cukup untuk penawaran, tergantung jenis pekerjaannya,” kata Deputi Bidang Hukum Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintahan (LKPP) Setiabudi. Dirut PT Brilliant Permata Negara Boy Garibaldi Thohir meminta agar panitia tender memperpanjang waktu tender. “Kalau hanya 17 hari untuk peserta, kan tidak mungkin,” ujarnya. (*/J-2)

Hindari Angkot, Mobil Jemputan Jatuh ke Jurang

MI/DEDE SUSIANTI

MASUK JURANG: Seorang anak melihat mobil jemputan siswa SDN Julang, yang jatuh ke jurang dengan kedalaman mencapai 10 meter di Jalan Raya Cilebut Timur, Kecamatan Sukaraja, Bogor, kemarin. Delapan siswa SD dan sopir mobil luka-luka dalam kecelakaan itu.

DELAPAN bocah Sekolah Dasar Negeri (SDN) Julang, Kota Bogor, terluka setelah mobil jemputan mereka jatuh ke jurang Kali Baru, Jalan Raya Cilebut RT 01/05, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, kemarin. Menurut Kasat Lantas Polres Bogor AK Zainal Abidin, kronologi kejadian itu diawali ketika mobil itu tengah bergerak dari arah Cilebut menuju arah Bojong Gede. Saat melintas di tempat kejadian perkara (TKP), mobil tersebut menghindari angkutan kota (angkot) yang datang dari

arah berlawanan. Namun akibat mengambil jalan terlalu ke kiri, mobil masuk ke jurang dengan kedalaman lebih dari 10 meter. “Mobil nahas itu masuk jurang karena menghindari angkot dari arah berlawanan,” ujar Zainal. Menurut Ade, salah seorang saksi, sebelum jatuh ke jurang, mobil itu sempat menyerempet angkot. Hanya, angkot tersebut tidak berhenti, tetapi malah langsung pergi. “Angkotnya langsung jalan, terus mobil itu masuk jurang,” kata Ade. Lokasi kejadian merupakan salah satu jalan rawan longsor

dan sempit. Selain itu, tidak ada pembatas jalan dengan pinggir Sungai Kali Baru. Kondisi lebih berbahaya lagi pada malam hari karena sepanjang jalan tersebut tidak dilengkapi penerangan umum. Akibat kejadian itu pengendara Carry, Ruslan, 40, warga Kampung Cilebut Barat, RT 06/09, Desa Cilebut Barat, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, mengalami luka di kepala. Begitu pula halnya dengan penumpang yang merupakan murid-murid SD. Mereka ialah Nanda, 8, warga Tanah Sereal,

Kota Bogor, yang mengalami luka memar di tangan kiri, Alif, 6, warga Cilebut Barat, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, luka di kepala lecet, Rafa, 8, warga Cilebut Barat, luka memar di pipi sebelah kiri, dan Riska, 8, warga Cilebut Barat alami luka di kepala di jahit. Berikutnya Varsya, 8, warga Cilebut Barat, alami luka memar di pipi kanan, Pandu, 9, warga Cilebut Barat, alami luka di kepala dan mendapat dua jahitan, Tirta Aulia, 7, warga Cilebut Barat, luka memar di pelipis kanan, dan Zafarina, 8, warga

Cilebut Barat, luka memar tangan kanan. Berdasarkan informasi yang diperoleh Media Indonesia, peristiwa seperti itu bukan pertama kalinya, melainkan kerap terjadi. Yadi, salah seorang sopir angkot, mengatakan sebelumnya terjadi hal serupa di sekitar lokasi atau sepanjang jalan tersebut. “Dulu Honda Jazz, motor, angkot juga pernah. Rawan sekali memang. Rawan kecelakaan karena sempit jalan dan rawan longsor,” kata Yadi. (DD/J-2)


8

N USANTARA

JUMAT, 14 OKTOBER 2011

Petani Terus Berharap Pemerintah Tutup Impor Kentang DESAKAN para petani kentang di kawasan dataran tinggi Dieng Banjarnegara dan Wonosobo, Jawa Tengah, melalui demonstrasi di Jakarta awal pekan ini dinilai belum berhasil. Sebab, sampai sekarang secara konkret pencabutan impor kentang masih belum ada. ‘’Kami tetap menuntut supaya impor kentang segera dihentikan. Pekan ini, perwakilan petani dijanjikan bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan akan meminta agar pemerintah menghentikan kebijakan tersebut,’’ tegas Ketua Asosiasi Petani Kentang Dataran Tinggi Dieng Muhammad Mudasir di Banjarnegara, kemarin. Impor, ujarnya, telah mengakibatkan ribuan ton kentang lokal tidak dapat dijual karena tidak mampu bersaing harga. ‘’Ribuan ton kentang milik pe tani masih menumpuk di gudang dan tidak dijual karena harganya hanya sekitar Rp4.000 per kilogram. Padahal, petani sangat membutuhkan modal untuk tanam berikutnya serta menghidupi keluarga. Semuanya ini akibat kebijakan impor kentang yang menjadikan petani sengsara,’’ jelasnya. Selain itu, lanjut Mudasir, ada sekitar 3.000 hektare (ha) lahan kentang yang saat ini ditunda panennya. Sebab, petani

menunggu sampai harga membaik terlebih dahulu. ‘’Seharusnya, tanaman kentang bisa dipanen pada usia 3-4 bulan. Tetapi, meski saat sekarang usianya sudah melebihi umur panen yakni sekitar 5-6 bulan, petani tetap belum memulai panen. Bukan karena petani tidak butuh uang, melainkan kalau dijual dengan harga Rp4.000 akan mengalami kerugian,’’ tandasnya. Kepala Desa Karangtengah Nasrulloh menambahkan kini ratusan pedagang yang biasa datang ke Dieng untuk membeli kentang sudah tidak ada lagi. ‘’Para pedagang antarkota tidak lagi membeli kentang milik petani Dieng karena mereka telah mendapatkan pasokan kentang impor. Padahal, setiap harinya, transaksi di Desa Karangtengah saja sekitar 35 ton. Saat ini sudah mandek karena kentang lokal Dieng dihargai sama dengan kentang impor,’’ ujarnya. Di sisi lain, petani sayuran di lereng Gunung Slamet bagian selatan di Banyumas, Jawa Tengah, terpaksa mencari air ke desa lain untuk menyelamatkan tanaman mereka. Pasalnya, air di saluran irigasi yang biasanya digunakan untuk menampung air hujan mengering. (LD/TS/PO/N-1)

Pegawai BPLS Dilaporkan ke Mabes Polri

ARDI T RISTI

ROYAL WEDDING TANAH JAWA: Calon pasangan pengantin GKR Bendara (kedua dari kiri) dan KPH Yudhaningrat (kanan) menunjukkan dodot, kemarin, yang akan dipakai mempelai. Dodot berlambang B dan Y itu bermotif semen karya desainer Afif Syakur yang akan dipakai pada pernikahan mereka pada Minggu (16/10).

Pemilik 45 Kg Sabu Diringkus di Jakarta Tersangka mengaku sudah meloloskan sabu dalam jumlah besar dari Riau ke Jakarta. AHMAD NOVRIWAN

ANTARA/DEDHEZ ANGGARA

HARGA KEDELAI NAIK: Pekerja menyelesaikan pembuatan tahu di sentra industri tahu di Kelurahan Bojong, Indramayu, Jawa Barat, kemarin. Pengusaha tahu mengeluhkan kenaikan harga kedelai yang kini mencapai Rp7.000 per kilogram.

Tiga Pembangkit Listrik akan Beroperasi di Riau HARAPAN warga di Riau untuk mendapat pasokan listrik yang mencukupi dan tidak biarpet akan segera terwujud. Hingga 2015, daerah ini dipastikan akan mendapat tambahan daya 1.000 megawatt. Kepala Bidang Kelistrikan dan Energi pada Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Riau Abdi Haro mengatakan tam bahan pasokan tersebut di ren canakan berasal dari pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) yang akan dibangun di tiga lokasi. Yang pertama PLTU Mulut Tambang di Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu, dengan kapasitas 2x300 Mw. Nilai investasi pembangunan PLTU di Peranap tersebut diperkirakan mencapai Rp6 triliun. “Saat ini masih dalam proses tender. Amat mungkin konsorsium PT Bukit Asam yang memenangi tender tersebut karena pesaingnya, konsorsium PT Tinta Mining Indonesia, sudah mundur dari proses lelang,” kata Abdi, di Pekanbaru, kemarin. Kapasitas PLTU tersebut sebenarnya bisa ditingkatkan hingga mencapai 2.400 Mw. Bahan bakar berupa batu bara akan disuplai dari Riau sendiri. Di daerah itu potensi batu bara yang mencapai 500 juta metrik ton akan sanggup menyuplai mesin pembangkit hingga 50

tahun ke depan. Pasokan listrik juga bertambah setelah pembangunan PLTU Tenayan Raya, Pekanbaru, bisa diselesaikan. Kapasitas PLTU Tenayan Raya bisa mencapai 2x100 Mw. PLTU ketiga yang ditargetkan juga memberi tambahan daya ialah dari Dumai. Kapasitas yang dihasilkan dari lokasi tersebut sebesar 2x100 Mw. Dari Palangkaraya, Kalimantan Tengah, dilaporkan, pengolahan limbah medis oleh puskesmas di kota itu terkendala. Pengoperasian perangkat tidak bisa dilakukan karena belum mendapat aliran listrik. “Karena kurangnya pasokan listrik, incenerator untuk membakar limbah medis tidak bisa dimanfaatkan,” tandas Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Palangkaraya Holly Sindy. Karena itu, pemusnahan limbah medis tajam, berpotensi menimbulkan infeksi, dan jarum suntik, dilakukan secara manual dengan teknologi tepat guna. Untungnya, para petugas puskesmas sudah mendapat pelatihan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk melakukannya. “Ada 32 petugas yang sudah mendapat pelatihan,” tambah Holly. (BG/Ant/N-2)

K

EPOLISIAN Daerah Lampung bergerak cepat. Seusai menang kap seorang kurir yang membawa 45 kilogram sabu, Rabu (12/10), polisi bergerak ke Jakarta, kemarin. Sebuah apartemen tidak jauh dari Season City, Jakarta Barat, disatroni tim gabungan Polda Lampung dan Polres Lampung Selatan. Hasilnya, seorang pria bernama Leon Kin Ping, 39, diringkus petugas. Dari tangan warga Bukit Jalil 5700, Singapura, itu polisi menyita 1.910 butir ekstasi, 4 telepon seluler, dan pecahan mata uang China senilai Rp1,950 juta. “Tersangka dan barang bukti sudah berada di perjalanan menuju Lampung,” kata Kapolda Lampung Brigadir Jenderal Sulistyo Ishak di

Kantor Polres Lampung Selatan, kemarin siang. Penyitaan 45 kilogram sabu terjadi saat petugas dari Polsek Kawasan Pelabuhan Bakauheni melakukan razia di atas bus yang hendak menyeberang da ri Sumatra ke Jawa. Sabu dibawa AD, 36, warga Kelurahan Air Hitam, Kecamatan Patu Sekalin, Pekanbaru, Riau, dan disimpan di dalam sebuah kardus mi instan. Dari pengakuan AD, sambung kapolda, polisi mendapat informasi nama Leon Kin Ping. Barang haram yang dibawa AD seharusnya diserahkan kepada pria warga Singapura itu. “Pengiriman 45 kilogram sabu ini bukan untuk pertama kalinya. Sebelumnya, pengirim an sabu oleh kelompok yang sama, dengan berat juga 45 kilogram ke Jakarta lolos dari pemeriksaan,” tandas Sulistyo. Peristiwa pertama itu menjadi pengalaman berharga bagi polisi di Lampung. Kapolda berharap polisi tidak akan kecolongan lagi di masa mendatang. Di Pelabuhan Bakauheni, pemeriksaan terhadap kendaraan pribadi dan umum terus

diperketat petugas, kemarin. Mereka dengan teliti memeriksa satu per satu penumpang yang hendak menyeberang ke Pulau Jawa. Divonis mati Dari Semarang dilaporkan, enam warga asal Jawa Tengah terancam divonis hukuman mati di China karena diduga tersangkut kasus peredaran narkoba. Pelaku yang seluruhnya perempuan itu adalah pekerja di ‘Negeri Tirai Bambu’. Mereka ditangkap karena membawa narkoba. Para pelaku adalah Dyah Purwaningsih, 34, warga Boyolali, Nur Bidayati, 38, penduduk Wonosobo, Ari Ani Hidayah, 30, warga Banyumas, Tuti, 26, warga Cilacap, Sri Mulyani, 26, warga Kendal, dan Sri Bidayati, 31, warga Pati. “Beberapa orang sudah divonis hukuman mati dan sebagian lainnya masih menjalani sidang di pengadilan,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Jawa Tengah, Edison Ambarura. Dari informasi yang ia dapat, keenam TKI itu bertindak seba-

gai kurir dan pengedar narkoba. “Kami sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan Kedutaan Besar RI untuk memberikan bantuan hukum bagi mereka,” tandas Edison. Di Makassar, Polda Sulawesi Selatan memusnahkan barang bukti sekitar 6 kilogram sabu senilai Rp12 miliar. Barang sitaan itu dibakar di halaman kantor polda. “Sabu adalah hasil sitaan petugas Bea Cukai Bandara Sultan Hasanuddin, Juli lalu. Kami masih memburu pemiliknya, Ho Ka Che, 46, warga Hong Kong, yang kabur saat hendak ditangkap,” kata Kapolda Sulsel Inspektur Jenderal Johny Wainal Usman. Masih di Sulawesi, Satuan Narkoba Polresta Palu, Sulawesi Tengah, meringkus pengedar sabu bernama Siska Februni, 21, di Jalan Merpati, Kecamatan Palu Selatan. “Pelaku ditangkap setelah polisi mendapat informasi dari masyarakat,” kata Kapolres Palu AKB Deden Garnada.(AS/LN/HF/N-2) novriwan @mediaindonesia.com

KORBAN semburan lumpur di Kecamatan Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, melaporkan anggota tim verifikasi Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) ke Mabes Polri Jakarta. Hal itu dilakukan karena jajaran Polres Sidoarjo tidak mengusut tuntas kasus tersebut. Mereka yang melapor ke Mabes Polri ialah Mudiharto, warga Desa Besuki, Kecamatan Jabon. Mudiharto mengaku sudah mengirim surat ke Mabes Polri pada 6 Oktober lalu. ‘’Saya melapor ke Mabes Polri karena laporan atas tindak pidana yang dilakukan pegawai BPLS tidak digubris penyidik Polres Sidoarjo dan Polda Jatim,’’ kata Mudiharto, kemarin. Ia mengemukan dua isi pokok yang dilaporkan Mudiharto, yaitu penggelapan tanah dan manipulasi tanah beserta pembayarannya. Pegawai BPLS yang dilaporkan ke polisi berinisial Bjr. Menurut dia, pegawai tersebut menggelapkan uang pembayaran atas bekas tanah lapangan sepak bola seluas 8.348 meter persegi yang nilai ganti ruginya Rp1 juta per meter persegi. Namun, uang pembayaran ganti rugi tersebut ternyata tidak diberikan kepada 31 pemilik tanah.

Saya melapor ke Mabes Polri karena laporan atas tindak pidana yang dilakukan pegawai BPLS tidak digubris penyidik Polres Sidoarjo dan Polda Jatim.’’ Selain itu, pegawai BPLS tersebut dilaporkan memanipulasi luas tanah sembilan bidang di Desa Besuki. Akibat manipulasi luas tanah itu, negara dirugikan sebesar Rp1,2 miliar. Dari Bojonegoro, Jatim, kemarin, penyidik kejaksaan negeri (kejari) setempat menahan dua kepala desa (kades) atas dugaan korupsi kasus pungutan liar sertifikat tanah Proyek Operasi Nasional Agraria 2006. Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Bojonegoro Musleh Rahman menyebutkan mereka yang ditahan ialah Kades Nglampin, Ruspan, dan Kades Jatigede, Kastari. Sebelumnya, keduanya juga berulang kali tidak memenuhi pemanggilan penyidik. Di sisi lain, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Nusa Tenggara Timur menjatuhkan vonis terhadap dua dari empat koruptor da na operasional feri Pulau Sabu, yang merugikan negara Rp3 miliar. Dua koruptor itu ialah mantan Direktur Perusahaan Daerah Flobamor periode 2007-2009 Syamsudin Abdulah dan mantan Manajer Perkapalan Abdullah Usman. (HS/YK/PO/N-1)

Benahi Soran, Datangkan Wisatawan

D

WI Agustanti berdecak kagum. Saat menginjakkan kaki di Desa Wisata (Dewi) Soran beberapa bulan lalu, ia langsung yakin banyak potensi yang bisa dikembangkan di wilayah ini. “Dewi Soran ibarat gadis lugu yang cantik, tapi belum dipoles,” kata Branch Manager Habitat for Humanity DI Yogyakarta dan Jawa Tengah itu. Soran berada di Desa Duwet, Kecamatan Ngawen, Klaten, Jawa Tengah. Sebagai desa wisata, ia memiliki daya tarik yang kuat untuk dikunjungi. Potensi seni budaya, tradisi masyarakat, dan pertanian organik adalah unggulannya. Dewi Soran diluncurkan mulai 2002. Inisiatornya adalah Wiryanto, tokoh Yayasan Soran. Namun, desa wisata yang berbasis masyarakat itu kurang mendapat dukungan sehingga hanya jalan di

DESA WISATA: Usaha industri sohun banyak dikunjungi wisatawan di Desa Wisata Soran, Desa Duwet, Kecamatan Ngawen, Klaten, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu. MI/DJOKO SARDJONO

tempat. “Untuk menata desa wisata hingga rapi, bersih, nyaman, dan lengkap dengan fasilitas publiknya dibutuhkan waktu minimal 10 tahun,” kata Dwi Agustanti, ketika berada di Balai Desa Duwet, akhir pekan lalu. Jika didandani, ia yakin Dewi Soran akan tambah

cantik dan menarik bagi wisatawan. Desa wisata yang dikembangkan di Desa Duwet tak kalah menarik jika dibandingkan dengan objek wisata di tempat lain. Karena itu, Soran yang belum tertata perlu segera dibenahi. Untuk keperluan itulah Habitat for Humanity turun ke

Klaten. Organisasi ini mengarsiteki pembenahan Soran. Dukungan dana diberikan oleh Asia Pulp & Paper (APP) sebesar US$600 ribu. “Kerja sama APP dan Habitat disepakati selama tiga tahun. Saat ini, program sudah berjalan satu tahun,” kata juru bicara APP, Timotheus W

Lesmana. Di Duwet, dari 611 keluarga, 207 keluarga di antaranya tergolong miskin. Karena itu, pemberdayaan masyarakat lewat kegiatan pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan pendampingan kebutuhan dasar mutlak diperlukan. Habitat menawarkan lima program kegiatan. Mulai dari rehabilitasi rumah warga miskin, keramahtamahan, seni budaya, masakan tradisional, dan penataan home stay. Untuk mendukung Soran, APP menurunkan relawannya. Mereka bersama masyarakat memasang puluhan papan nama jalan. Home stay sebanyak 40 unit pun sudah dioperasikan, dengan tarif Rp80 ribu per malam, lengkap dengan sarapan. “Menginap di home stay enak juga kok,” tutur Hendriko, relawan dari APP. (Djoko Sardjono/N-2)


T ANAH AIR

JUMAT, 14 OKTOBER 2011

DARI PULAU KE PULAU

12.30 WIB

PEMERINTAH Provinsi Jawa Timur (Jatim) mengajukan permohonan tambahan vaksin difteri ke pusat setelah Jawa Timur ditetapkan sebagai daerah kejadian luar biasa (KLB) difteri. ‘’Gerakan vaksinasi sudah kami lakukan. Namun, jumlah vaksin yang kini masih tersedia 40 ribu masih kurang. Kami perlu menambah lagi ke pemerintah pusat,’’ kata Gubernur Jatim Soekarwo di Surabaya, kemarin. Menurutnya, Pemprov Jawa Timur menjamin kecukupan vaksin dalam mengatasi penyakit difteri yang merebak di masyarakat. Difteri telah menyebabkan 11 balita meninggal dunia. Gubernur juga mewajibkan pemberian vaksinasi kepada semua anak di Jati hingga usia 5 tahun. Dari laporan Kepala Dinas Kesehatan Jatim Mujib Affan, 38 kabupaten dan kota sudah menggelar vaksinasi difteri. (FL/N-3)

HUTAN MANGROVE RUSAK: Kondisi hutan mangrove di Desa Nelayan Indah Belawan, Kecamatan Medan Labuhan, Sumatra Utara, kemarin. Hutan mangrove berguna untuk perkembangan seluruh biota makhluk hidup dan mencegah abrasi.

Korban KM Marina akan Mengadu ke SBY

17 Bayi Meninggal Setiap Hari di Jateng ANGKA kematian bayi di Provinsi Jawa Tengah masih cukup tinggi. Sedikitnya ada 17 bayi meninggal dalam sehari. Sebagian besar disebabkan kurangnya kesadaran ibu memberikan air susu ibu (ASI) eksklusif. Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih mengemukakan fakta tersebut saat membuka Rakernas V Ikatan Bidan Indonesia di Solo, kemarin. Menurutnya, kondisi tersebut sangat memprihatinkan. ‘’Namun, kita tidak pernah risau dan kaget. Bahkan menganggap hal itu biasa saja,’’ kata Rustri. Apalagi saat ini kematian bayi di Indonesia mencapai 550 jiwa per hari. Artinya, setiap 2,5 menit ada satu bayi meninggal dunia. Menurut Wakil Gubernur Jateng, angka kematian ibu bisa ditekan apabila ibu memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan. Rustri meminta seluruh ibu yang memiliki bayi wajib memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan untuk melindungi dari serangan penyakit. (FR/N-3)

Semarang

Buruh Tuntut Upah Layak Rp1,4 Juta

Pemprov Jatim Minta Tambahan Vaksin

KELUARGA korban KM Marina Nusantara II yang terbakar di perairan Sungai Barito, Kalimantan Selatan, 26 September lalu, akan melaporkan nasib mereka kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pengaduan ini lantaran para keluarga korban sudah putus asa lantaran pihak kapal tidak bertanggung jawab. ‘’Sudah tiga pekan proses evakuasi tidak kunjung dilakukan. Bagaimana nasib keluarga kami yang diperkirakan tewas di dalam kapal. Bagaimana pula, nasib korban selamat yang tidak mendapat perhatian dari agen kapal?’’ keluh perwakilan keluarga korban, Edo Kurniawan, di Banjarmasin, kemarin. Diperkirakan masih ada belasan penumpang yang terjebak dan tidak sempat diselamatkan dalam musibah tersebut. Keluarga korban KM Marina juga menuduh operator pelayaran PT Prima Vista ataupun tim SAR tidak serius mencari dan mengevakuasi korban di dalam bangkai kapal. Saat ini bangkai KM Marina Nusantara II masih terapung di perairan Sungai Barito. Banyak korban diperkirakan masih tertinggal di bangkai kapal. (DY/N-3)

9

ANTARA/SEPTIANDA PEDANA

11.40 WIB

Bandar Lampung, Lampung

Aktivitas Anak Krakatau Naik Lagi AKTIVITAS Gunung Anak Krakatau meningkat, tapi aktivitas kegempaannya fluktuatif. Meski begitu, status siaga yang ditetapkan sejak 30 September lalu belum dinaikkan. “Kegempaan fluktuatif memang terkadang mengkhawatir kan. Karena, sifat kegempaannya di dalam kawah Gunung Anak Krakatau terkadang cepat dan mengagetkan, terkadang biasa-biasa saja. Hingga kini, statusnya masih tetap siaga,” ujar Andi Suardi, 42, Ketua Pos Pemantauan Gunung Anak Krakatau ketika dihubungi, kemarin. Menurut Andi, meski jarak pemantauan yang dilaku-

kan petugas sekitar 40 km, getaran Gunung Anak Krakatau cukup terasa. Untuk itu, pihaknya mengimbau untuk tidak mendekati Gunung Anak Krakatau dengan jarak 2 km. “Dalam tempo 24 jam ini letupan Gunung Anak Krakatau tercatat sebanyak 5.760 kali. Dengan getaran yang berbedabeda,” ujarnya. Untuk mengantisipasi ancaman letusan Gunung Anak Krakatau, jelas Andi, pihaknya selalu berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Koordinasi yang dilakukan di waktu pagi dan sore. Di sisi lain, kondisi Gunung

Anak Krakatau saat ini merupakan peluang untuk menarik wisatawan. Peningkatan intensitas kegempaan Gunung Anak Krakatau di mata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lampung Gatot Hudi Utomo, justru menjadi peluang menambah pundi-pundi devisa. Menurutnya, peserta Tourist Indonesia Mart Expo (Time) 2011 dan Festival Krakatau XXI bisa diajak mengunjungi Gunung Anak Krakatau saat penutupan meskipun intensitas letusan gunung tersebut sekarang meningkat. “Intensitas aktivitas letusan Anak Krakatau itu justru memiliki daya tarik tersendiri

bagi wisatawan yang berkunjung ke sana,” kata Gatot. Kalau sebelumnya terjadi sekitar 1.000 kali gempa, kini meningkat menjadi 5.000-6.000 kali gempa setiap hari. Saat ini enam gunung api di Indonesia berstatus siaga atau level (III) dan dalam pengawasan intensif dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Selain Gunung Anak Krakatau, lainnya adalah Gunung Lokon, Karangetang, Papandayan, Anak Ranakan, dan Gunung Tambora. “Jumlah ini merupakan terbanyak dalam beberapa tahun terakhir,” kata Kepala PVMBG Surono. (NV/Ant/N-4)

RIBUAN buruh yang tergabung dalam Aliansi Gerakan Buruh Berjuang (Gerbang) Jawa Tengah mendatangi Kantor Gubernuran Jl Pahlawan, Semarang, kemarin. Mereka meminta Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo menetapkan upah layak pada 2012 sebesar Rp1,4 juta. “Mekanisme survei perhitungan serta penetapan kebutuhan hidup layak (KHL) yang dilakukan dewan pengupahan di kabupaten kota selama ini tidak sesuai dengan Permenakertrans Nomor 17/ Men/2005,” kata koordinator Gerbang Nanang Setyono dalam orasinya. Salah satunya adalah item survei menggunakan kompor minyak tanah atau gas, sebagai dasar menghitung KHL. Oleh karena itu, ungkap Nanang, mereka berharap agar Gubernur Jawa Tengah membatalkan kesepakatan Dewan Pengupahan Provinsi Jawa Tengah terkait dengan penggantian item survei yang menggunakan konversi kompor minyak tanah ke gas. Buruh juga menuntut penetapan upah minimum kabupaten/kota (UMK) pada 2012 sesuai dengan hasil survei riil yang dilakukan serikat buruh di setiap daerah. Ditambah laju inflasi yang hasilnya ratarata di atas Rp1 juta. untuk UMK Kota Semarang Rp1,418 juta dan Kabupaten Semarang sebesar Rp1 juta. Aksi buruh mendapat pengawalan ketat dari aparat Pol wiltabes Semarang. Sempat terjadi aksi saling dorong saat buruh berniat memasuki gerbang masuk halaman Gubernuran. Mereka diterima Masruhan Syamsuri, anggota Komisi E DPRD Jateng yang juga Ketua Fraksi PPP Jawa Tengah. Msruhan berjanji akan menyampaikan aspirasi buruh kepada Gubernur. (HT/N-4)

14.20 WIB

Lamongan

Lagi, Pedagang Pasar Babat Tolak Relokasi RIBUAN pedagang pasar tradisional Babat, Kabupaten Lamongan, Jatim, kembali berunjuk rasa menolak relokasi pasar, kemarin. Mereka membentangkan poster yang bernada hujatan terhadap kebijakan tersebut. Penolakan dilakukan karena tempat penampungan sementara (TPS) di Pasar Agrobis Semando tidak memadai. Sebab, dari 2.389 pedagang yang ada, pemerintah setempat hanya menyediakan 1.473 lapak. Selama aksi itu berlangsung, aparat kepolisian menjaga ketat. Bahkan, polisi juga mendatangkan anjing K-9 dari kesatuan Brimob Polda, Jatim. Dalam orasi yang dilakukan secara bergantian, para pedagang menolak pembongkaran pasar tradisional yang bakal diubah menjadi pasar modern. Nutik Susilowati, salah seorang pedagang, mengatakan aksi yang dilakukan bersama ribuan pedagang itu hanya untuk mempertahankan pasar tradisional tersebut. Sebab, pasar tradisional ini berada pada posisi strategis. Pedagang kecil di pasar tradisional makin tersisih. “Di pasar ini, kami tumbuh dan berkembang. Jika direlokasi, kami akan kehilangan pelanggan. Biasanya setelah direnovasi menjadi pasar modern, kami pedagang kecil tidak sanggup membayar sewanya. Pedagang kecil makin terpinggirkan,” ujar Nutik, di sela aksi unjuk rasa, kemarin. Menurutnya, berbagai upaya dilakukan pedagang untuk mempertahankan tempat usahanya. Namun, Pemkab Lamongan bersama investor tetap berkeras akan merenovasi pasar tradisional tersebut. (YK/N-4)


10

I NTERNASIONAL

JUMAT, 14 OKTOBER 2011

Putra Khadafi Dibekuk di Sirte Mo’tassim telah dibawa ke Benghazi untuk diinterogasi di kamp militer Boatneh.

Dua Perempuan Politikus Korsel Bertekad Puncaki Kekuasaan DU perempuan politikus KoDUA rea Selatan berupaya mengisi re dua jabatan penting di tengah du dominasi politikus pria ‘Negedo ri Ginseng’. Park Geun-hye, 59, merupakan kandidat terpopuler dalam ka pemilihan presiden Korsel, pe Desember tahun depan. Dia D berkampanye dengan menebe mui para pencari pekerjaan di m kantor penyedia pekerjaan. ka Kampanye tersebut ibarat sambil menyelam minum air sa lantaran pamor Park turut la meng angkat popularitas Na m Kyung-won, anggota parleKy men dari Partai Nasional Raya m (GNP) yang berupaya menjadi (G perempuan Wali Kota Seoul. pe Bantuan Park amat krusial Ba mengingat Na menghadapi m politikus pria dari kubu lipo beral. be Sebaliknya, jika Na mampu menjadi wali kota pada pemim lihan 26 Oktober mendatang, lih pamor Park tambah melampa bung. Park akan tersohor bu sebagai pendorong kesetaraan se hak perempuan di dunia poliha tik ‘Negeri Ginseng’. Predikat

REUTERS/LEE JAE-WON

Park Geun-hye Politikus Korea Selatan semacam itu jelas akan mengerek reputasi Park dan Na di Seoul, yang jumlah populasinya mencapai seperempat dari total populasi Korsel. Park yang merupakan putri pendiri Korsel modern, Park Chung-hee, telah lama berada di belakang layar partai setelah empat tahun lalu mengalami kekalahan pahit dari presiden saat ini, Lee Myung-bak.

Saat ini tingkat popularitas Park tiga kali lebih besar jika dibandingkan dengan para pesaingnya. Namun, pencalonan Park bukan tanpa beban. Pada September lalu, tingkat popularitas seorang pengusaha perangkat lunak ternama, Ahn Cheol-soo, tiba-tiba melejit sampai 20%. Guna menghadapi Ahn, Park mengusung jargon kesejahteraan gaya Korsel. Dia berjanji akan memangkas pajak di sektor bisnis untuk mendorong investasi dan penciptaan lapangan pekerjaan. Park juga beriktikad untuk memperjuangkan rangkaian program kesejahteraan bagi kaum muda sekaligus mendongkrak angka kelahiran. “Lapangan pekerjaan merupakan isu krusial yang menentukan kebahagiaan atau kesengsaraan bagi seluruh komunitas, tidak hanya terbatas bagi orang-orang yang mencari pekerjaan,” papar Park di kawasan bisnis Kota Seoul. (*/Reuters/I-5)

Kesepakatan Pencari Suaka Australia dan Malaysia Batal

REUTERS/SUHAIB SALEM

PERAYAAN: Para pendukung Dewan Transisi Nasional Libia (NTC) bersorak-sorai merayakan berita penangkapan Mo’tassim, putra pemimpin terguling Libia Moamar Khadafi, di Sirte, kemarin.

DERI DAHURI

P

ERAYAAN para pejuang anti-Moamar Khadafi berlangsung semarak di Tripoli, kemarin, seiring dengan berita penangkapan putra kelima Khadafi, Mo’tassim, di Sirte. Berdasarkan pantauan sejumlah kantor berita, ratusan orang berkumpul di pusat kota seraya bernyanyi dan mengibarkan bendara baru Libia. Sesekali mereka memekik, “Allahu Akbar!” Di pelabuhan Tripoli, lusinan kapal yang sedang bersandar turut membunyikan sirene. Kemudian di jalan-jalan protokol, para sopir kendaraan memencet klakson mereka. “Sekarang kami memiliki satu Khadafi,” cetus Mohammed, 23, seorang insinyur. “Kami segera menangkap pria tua Khadafi dan semua Khadafi lainnya,” sambungnya.

Seorang pria mengangkat gadis kecil ke pundaknya saat sejumlah pria melepaskan tembakan ke udara. Media setempat melaporkan sejumlah orang terluka dan dibawa ke rumah sakit saat perayaan yang diwarnai letusan senjata digelar. “Lihat anak itu,” kata seorang pria dalam bahasa Inggris. “Bagi dia, tak ada kenangan dengan Khadafi. Khadafi akan menjadi kenangan masa lalu dan mimpi buruk.” Ratusan pejuang NTC juga turun ke jalan-jalan di sejumlah kota di Libia. Mereka menembakkan senjata ke udara saat jaringan televisi Arab melaporkan penangkapan Mo’tassim. Pejabat Dewan Transisi Nasional (NTC) Libia menjelaskan bahwa Mo’tassim, 34, ditangkap pada Rabu (12/10) setelah dia mencoba melarikan diri dari kota kelahiran ayahnya yang dilanda pertempuran. Mo’tassim

hendak kabur dengan menaiki sebuah kendaraan bersama satu keluarga. “Dia ditangkap hari ini (Rabu, 12/10) di Sirte,” kata Kolonel Abdullah Naker, pemimpin Dewan Revolusi di Tipoli. Beberapa sumber dari NTC menjelaskan Mo’tassim telah dibawa ke Benghazi untuk ditahan dan diinterogasi di kamp militer Boatneh. Seorang pejabat militer senior NTC mengatakan saat ditangkap, Mo’tassim yang biasanya berambut panjang telah memotong rambutnya. Mo’tassim tidak mengalami luka, tetapi tampak kelelahan. Banyak kalangan menilai Mo’tassim termasuk kelompok konservatif. Terlebih lagi, ia telah lama berkarier di militer dan pasukan keamanan. Ia juga dinilai berbeda dengan kakaknya, Saif al-Islam, 39, yang berupaya melakukan reformasi.

PEMERINTAH Australia memPE batalkan kesepakatan pertuba karan pencari suaka dengan ka Malaysia, kemarin. Dengan M demikian, kedua negara akan de memproses para pencari suaka m tersebut di dalam negeri mete reka. re Perdana Menteri Australia Julia Gillard terpaksa membatalkan ka kesepakatan itu lantaran tidak mendapat dukungan tid memadai di parlemen untuk m mengubah undang-undang m migrasi yang mengizinkan perm tukaran pencari suaka. tu Jika tetap memaksakan mengajukan usulan perubahan, ga usulan Gillard tersebut dipastius kan ka bakal ditolak. Dengan demikian, usulan itu akan menjadi m rancangan undang-undang perra tama yang dikalahkan di parleta men m Australia dalam 80 tahun. Pihak oposisi bakal menuduh Pi pemerintahan Gillard yang mipe noritas di parlemen dinilai tidak no

dapat mengontrol parlemen. “Kami tidak dalam posisi mengimplementasikan kesepakatan dengan Malaysia,” kata Gillard, kemarin. Namun dia menegaskan pemerintahannya akan tetap mendukung rencana pertukaran pencari suaka itu. “Parlemen jelas tidak akan mengesahkan undang-undang ini.” Dalam soal pembentukan pusat pemrosesan pencari suaka, kegagalan tersebut merupakan kedua kalinya bagi Gillard. Sebelumnya, dia berencana mendirikan pusat tersebut di Timor Leste juga gagal lantaran tidak mendapat dukungan parlemen. Masalah para pencari suaka merupakan persoalan politik yang panas di Australia. Karena itu, Gillard harus berjuang keras menangkis tudingan kelompok oposisi bahwa pemerintahannya tidak mampu melindungi

perbatasan karena gelombang pengungsi terus meningkat dalam dua tahun terakhir. Pemerintahan Gillard yang minoritas berupaya berkoalisi dengan Partai Hijau dan wakil parlemen independen untuk menguasai kursi mayoritas di parlemen. Namun, Partai Hijau menentang rencana pertukaran pencari suaka tersebut. Dia juga tidak mampu meyakinkan anggota-anggota parlemen oposisi untuk mendukung perubahan itu. Dalam kesepakatan yang dibuat dengan Malaysia pada Juli lalu, Australia akan mengirim 800 pencari suaka ke Malaysia dan menerima 4.000 pengungsi di Malaysia. Namun keputusan itu dianggap tidak sah oleh Pengadilan Tinggi Australia karena Malaysia tidak menandatangani konvensi pengungsi PBB. (Hde/ Reuters/I-3)

Sementara itu, pertempuran antara pasukan anti-Khadafi dan loyalis Khadafi masih berlangsung di Sirte. Sirte menjadi satu dari dua kota yang masih dikuasai loyalis Khadafi setelah Tripoli direbut pasukan antiKhadafi dua bulan lalu. Namun dalam beberapa hari terakhir, pasukan NTC telah mendapat banyak kemajuan di Sirte. Mereka berhasil memukul mundur loyalis Khadafi ke dua area kecil di Sirte. Adapun mengenai keberadaan Khadafi, NTC meyakini pria berpangkat kolonel itu bersembunyi di suatu tempat di daerah selatan Libia. Anak perempuan Khadafi, Aisha, istri Khadafi, dan dua putranya, Hannibal dan Muhammad, telah melarikan diri ke Aljazair pada Agustus lalu. Anak Khadafi lain, Saadi, berada di Niger.(AP/Reuters/I-5)

BERCENGKERAMA: Satu keluarga pengungsi Myanmar bercengkerama di pusat tahanan di Kuala BE

deri@mediaindonesia.com

Lumpur, Malaysia, beberapa waktu lalu. Australia membatalkan rencana pertukaran pengungsi dengan Lu Malaysia, kemarin. M

REUTERS/ BAZUKI MUHAMMAD

Air Bah Rambah Pertahanan Bangkok

REUTERS/ CHAIWAT SUBPRASOM

MEMBUAT TANGGUL: Militer Thailand membuat tanggul di Provinsi Pathum Thani, pinggiran Kota Bangkok, Rabu (12/10). Banjir yang terus meluas kini mulai mengancam Kota Bangkok.

APARAT Kota Bangkok bersiap menghadapi banjir yang berpotensi melumpuhkan aktivitas warga ibu kota Thailand tersebut setelah air bah merambah tanggul di bagian utara kota. Kemarin, Gubernur Bangkok Sukhumbhand Paribatra mengatakan bagian timur kota akan dilanda serang an terparah apabila tanggul pertahanan akhirnya jebol oleh air bah. Ta n g g u l d i p e ru m a h a n Muang Ake, Distrik Muang, didirikan dengan susunan 200 ribu kantong pasir. Panjang tanggul mencapai 3 kilometer dan tinggi 1,5 meter. Pamong praja Kota Bangkok dikerahkan untuk memperkuat tanggul

dan menambah tinggi tanggul hingga 30 cm. “Jika air terus naik, saya tidak yakin apakah tanggul ini bisa mencegah banjir. Jika tidak, kami tidak bisa menyelamatkan Bandara Don Muang dari banjir,” kata Sukhumbhand saat berkunjung ke tanggul sejauh 15 kilometer sebelah utara pusat kota. “Semua daerah di Bangkok punya kans digenangi air karena kami tidak bisa menebak arus air. Jika kami tidak bisa mencegah banjir, kami akan langsung memberi tahu warga,” sambungnya. Menurut Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra, sedikitnya 8 miliar meter kubik air dari Nakhon Sawan akan

mencapai Ayutthaya, besok. Kemudian banjir kiriman dari wilayah itu akan mencapai Bangkok dalam waktu singkat. “Kami harus berbicara yang sebenarnya,” kata Yingluck sembari menuturkan upaya pemerintah dalam membelokkan arus air ke sebelah timur dan barat Kota Bangkok. Dia menambahkan, tiga tanggul segera dirampungkan untuk melindungi pusat kota. Sekitar 1,7 juta kantong pasir telah didatangkan ke sekitar Bangkok untuk memperkuat tanggul di Muang Ake, Rangsit Khlong 5, dan wilayah Taling Chan di belakang Universitas Mahidol. Sementara itu, Wim Rung-

wattanajinda selaku juru bicara pusat penanganan bencana banjir mengatakan pemerintah telah menginstruksikan Departemen Irigasi untuk membelokkan arus air ke sebelah barat dan timur Kota Bangkok. Dengan demikian, air bah akan langsung menuju Teluk Thailand dan Sungai Ta Chin. Departemen Irigasi telah menempatkan sejumlah pompa air di titik-titik strategis dan membuka 20 pintu air di Sungai Tha Chin dan Sungai Chao Phraya. Apabila air bah akhirnya menembus tanggul, Rungwattanajinda mengatakan pemerintah telah menyiapkan sedikitnya 67 pos evakuasi di Bangkok. (Jer/ Bangkok Post/Reuters/I-2)


J AGAT

JUMAT, 14 OKTOBER 2011

ON THIS DAY

14.00 WIB

1926: Peluncuran Perdana Winnie The Pooh WINNIE The Pooh adalah sebuah fiksi mengenai seekor beruang karya AA Milne. Pertama kali dimunculkan pada hari ini, pada 1926. Buku selanjutnya mengenai Winnie The Pooh berjudul The House at Pooh Corner yang dikeluarkan pada 1928. Milne juga melanjutkannya dalam WIKIMEDIA dua buah buku berisi puisi anak berjudul When We Were Very Young dan Now We Are Six yang di dalamnya berisi beberapa puisi tentang Winnie The Pooh. Ilustrasi dalam keempat bukunya tersebut dikerjakan oleh EH Shepard, sedangkan setting ceritanya didasarkan pada keadaan Ashdown Forest di East Sussex, Inggris. Kisah Pooh ini kemudian dibuat dalam serial anak yang dikerjakan oleh Walt Disney Productions, salah satu produksi paling sukses yang pernah dikerjakan oleh perusahaan tersebut.

1944: Erwin Rommel Bunuh Diri ERWIN Rommel ialah salah seorang komandan pasukan Nazi Jerman yang terkenal, yang meninggal dunia akibat bunuh diri atas perintah Hitler. Dalam Perang Dunia II, Rommel komandan tentara Jerman di Afrika utara dan berhasil memukul mundur tentara Inggris hingga ke utara Mesir. Atas keberhasilannya itu, Rommel diberi gelar marshall. Namun, kemudian Inggris melakukan serangan balasan. Karena tidak memiliki pasukan dan peralatan yang cukup, Rommel terpaksa mundur dari Afrika Utara. Pada 1944 Rommel menjadi komandan pertahanan Jerman WIKIPEDIA di Italia dan Balkan. Kemudian, terjadi pertentangan pendapat antara Rommel dan Hitler. Setelah terjadi percobaan pembunuhan terhadap Hitler, Rommel dicurigai sebagai dalangnya. Hitler pun memerintahkan dia untuk bunuh diri dengan meminum racun.

1964: Luther King Peroleh Nobel DOKTOR Martin Luther King, seorang pemimpin gerakan pembelaan hak asasi kaum kulit hitam Amerika, meraih Hadiah Nobel atas perjuangannya yang tak kenal lelah dalam menghapuskan rasialisme di AS. Ia menerima Nobel di usia 35 tahun. Martin Luther King dilahirkan pada 1929 di Atlanta dan memiliki gelar doktor di bidang teologi. Pada WIKIPEDIA 1963 ia memimpin sebuah demonstrasi besar di Washington dan di sana ia menyampaikan pidato legendarisnya yang berjudul I Have a Dream. Di dalam pidato itu, ia menyampaikan harapan dan impiannya bahwa kelak warga AS, baik kulit hitam maupun putih, duduk berdampingan dan tidak ada lagi rasialisme. Pada 1964 gerakan pembelaan hak asasi yang dipimpin King meraih dua keberhasilan. Pertama, diratifikasinya amendemen ke-24 yang berisi dihapuskannya pajak untuk mendapatkan hak memilih. Kedua, disahkannya Akta Hak-Hak Sipil 1964, yang berisi larangan diskriminasi ras dalam pekerjaan dan pendidikan serta larangan pemisahan rasial di fasilitas publik. Pada tahun itu pula Martin Luther King meraih Nobel dan menyumbangkan hadiah uang yang diperolehnya sebesar US$54.600 kepada gerakan pembelaan hak warga sipil.

Mayoritas Warga Dukung Protes Wall Street MAYORITAS warga Amerika Serikat (AS) mendukung gerakan protes terhadap Wall Street. Demikian hasil jajak pendapat yang digelar Reuters/Ipsos, yang dipublikasikan kemarin. Dari jajak pendapat yang diikuti 1.113 responden--934 di antaranya terdaftar sebagai pemilih, 82% responden menyatakan mengetahui tentang Occupy Wall Street. Untuk sikap, sebanyak 38% responden menyatakan mendukung penuh gerakan, 35% ragu-ragu, dan sekitar 24% menyatakan tidak mendukung. Jajak pendapat itu juga diikuti kader partai politik antara lain 536 dari Demokrat, 410 dari Republik, dan 167 dari independen. Direktur Riset Ipsos Chris Jackson mengatakan banyaknya orang yang memandang positif gerakan Occupy Wall Street itu merefleksikan kondisi negara itu sebenarnya. Hasil itu juga menunjukkan keraguan masyarakat terhadap kondisi negara. (*/Reuters/I-2)

07.02 WIB

Ai Weiwei Tokoh Seni Berpengaruh Seniman China Ai Weiwei terpilih sebagai tokoh paling berpengaruh dalam dunia seni oleh majalah seni kontemporer Artreview. Dalam daftar Power 100 yang dipublikasikan majalah tersebut di London, seniman yang tahun lalu dipenjara selama 81 hari itu menduduki urutan pertama. Tahun lalu, seniman yang terkenal dengan karya monumental Stadion Olimpiade China yang berbentuk sarang burung itu berada di urutan ke-13 daftar tersebut. Mark Rappolt, editor Artreview, mengatakan pemberian penghargaan untuk Ai itu tidak memiliki muatan politis. Penghargaan dipilih oleh panel para pakar. “Tentu saja ada aktivitas politik dalam daftar tahun ini. Namun saya kira (pemilihan) lebih mengedepankan pengembangan konsep seni,” ujar Rappolt. Pemerintah China mengecam pemberian penghargaan tersebut. Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Liu Weimin mengatakan penghargaan itu bias politik dan bertentangan dengan prinsip-prinsip majalah seni tersebut.(*/Reuters/I-2)

14.15 WIB

ESZTER.COM

TEROBOSAN mendasar bidang fisika kuantum dan kimia kuantum, yang bisa membuka paparan baru terhadap struktur inti zat, mendapat penghargaan Hadiah Nobel untuk bidang fisika dan kimia. Bidang kimia jatuh kepada John Pople dan Walter Kohn karena merintis penelitian kimia kuantum. Adapun penghargaan bidang fisika jatuh pada Robert Laoughlin, Daniel Tsui, dan Horst Stoermer yang membuat terobosan dalam penelitian fisika kuantum dan dinamika zat. Menurut panitia Hadiah Nobel dari Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia, kedua pemenang kategori kimia terpilih karena, “Setiap sumbangan merintis pengembangan metode yang bisa digunakan untuk studi teoritis terhadap sifat molekul dan proses kimia yang ada di dalamnya.” Kimia kuantum merupakan pengembangan mekanika kuantum dalam dunia fisika yang mulai dikembangkan pada awal abad ini. Mekanika kuantum memungkinkan kita memahami dan menghitung bagaimana elektron dan nukleus atom berinteraksi dan menyusun zat. Akan tetapi terapan mekanika kuantum dalam bidang kimia mesti menunggu berpuluh tahun sampai digunakannya komputer di awal dekade 60-an.

06.23 WIB

California, AS

Penembakan Brutal Tewaskan Delapan Orang

London

Yangon

Oposisi Tuntut Pembebasan Tahanan Politik

1998: Pople-Kohn Terima Nobel

14 Oktober l bbc | history |*| Tim Riset MI

Washington

KELOMPOK oposisi menuntut pemerintah Myanmar membebaskan seluruh tahanan politik. Tuntutan itu disampaikan setelah Rabu (12/10) pemerintah hanya membebaskan 200 tahanan politik dalam program amnesti yang total akan membebaskan 6.359 tahanan. Jumlah tahanan politik yang dibebaskan itu dinilai jauh dari harapan karena diperkirakan ada sekitar 2.000 tahanan politik yang masih mendekam di balik jeruji besi. “Kami akan terus menyerukan pembebasan tahanan politik yang tersisa,” kata Nyan Win, pejabat tertinggi partai politik yang dibentuk tokoh demokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi. Dia menambahkan partainya telah mengonfirmasi pembebasan 184 tahanan politik. Suu Kyi sendiri sempat menjalani tahanan selama 15 tahun sebelum dibebaskan tahun lalu. Peraih Nobel Perdamaian ini mengatakan ia sangat bersyukur atas pembebasan para tahanan politik dan berharap tahanan lainnya yang masih berada di balik jeruji besi juga dibebaskan. (*/Reuters/I-2)

11

AP/REED SAXON

MENGGIRING: Polisi menggiring Scott Evans Dekraai yang mengamuk dengan menembak membabi buta di sebuah salon. Amukan Dekraai telah menewaskan delapan orang.

S

EORANG pria mengamuk dan menembak membabi buta di dalam sebuah salon rambut di Kota Seal Beach, Orange Country, California, Amerika Serikat. Delapan orang terbunuh akibat penembakan tersebut. Enam tewas di tempat, dua lagi tewas saat sedang dalam

perawatan. Satu orang lagi masih dalam kondisi kritis dan sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Long Beach Memorial. Setelah menembaki seisi salon, pelaku yang bernama Scott Evans Dekraai, 42, langsung melarikan diri menggunakan mobil pikap putih yang dipar-

kir di depan salon. Aparat keamanan setempat berhasil menghentikan Dekraai sekitar 1 kilometer dari lokasi penembakan. Sersan Steve Bowless mengatakan saat ditangkap pelaku membawa ber bagai jenis senjata api di dalam mobilnya. Dia juga tidak memberikan perlawanan. “Dia

terlihat kooperatif dan tidak me lawan petugas kami saat ditahan,” ujarnya. Seorang kenalan pemilik salon mengatakan pelaku adalah mantan suami seorang penata rambut yang masih bekerja di salon tersebut. “Mungkin ada sesuatu yang menjadi motif pelaku seperti hubungan dengan seseorang di salon. Itu masih dugaan kami,” kata Bowless. Bowless pun menyatakan penyidik dari pihak kepolisian sedang mencoba mengembangkan motif penembakan yang dilakukan Dekraai. Pemilik salon Kimberly Criswell saat penembakan terjadi berada di balik tempat penembakan. Ia dan pelanggannya mengaku mendengarkan suara tembakan.“Seperti pop, pop dan resepsionis berteriak ‘ia baru menembak pria’ dan kami segera bersembunyi dan mengunci di dalam kamar mandi.” Mantan pegawai salon Lidia Sosa mengatakan pelaku juga telah menembak mati mantan istrinya. “Mantan istrinya dan dia sedang terlibat dalam sengketa hak asuh,” ujar Lidia yang segera mendatangi lokasi kejadian setelah mendengar berita penembakan tersebut. Berdasarkan data kepolisian setempat, penembakan kemarin adalah yang terburuk dalam sejarah Orange County setelah tragedi berdarah pada 1976. Ketika itu, Edward Charles Allaway menembak secara brutal yang menewaskan tujuh orang dan melukai dua orang. (*/AP/I-2)


12

H UMANIORA

JUMAT, 14 OKTOBER 2011

Sosialisasi UU KIP masih Minim Masyarakat berhak mengetahui informasi sekecil apa pun. Karena itu, pemerintah harus segera membentuk komisi sebagai salurannya sesuai dengan amanat UU. SYARIEF OEBAIDILLAH

B

ERMULA pada 28 September 2002 di Sofia, Bulgaria, pertemuan internasional tentang advokasi informasi berlangsung. Ajang itu berhasil mencetuskan perlunya hari khusus yang didedikasikan untuk mempromosikan kebebasan informasi di dunia. Akhirnya dicetuskanlah hari itu menjadi Hari Hak untuk Tahu (Right to Know Day) di dunia. Tujuan Hari Hak untuk Tahu itu meningkatkan kesadaran individu agar dapat mengakses informasi dari pemerintah atau layanan publik lainnnya. Seiring dengan itu, Indonesia dipelopori masyarakat sipil dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) mengusung era keterbukaan informasi dengan mengesahkan Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Keberadaan UU itu membutuhkan perubahan paradigma pada badan layanan publik. “Yang menggagas keterbukaan informasi publik seperti tertuang pada UU No 14/2008 berasal dari kelompok masyarakat sipil, bukan dari kalangan parlemen,” kata

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Freddy Tulung saat membuka lokakarya (workshop) Hari Hak untuk Tahu Sedunia (International Right to Know Day) di Bogor, Jawa Barat, pekan lalu. Acara bertema Mendorong peran serta mitra strategis dalam era keterbukaan informasi publik itu terselenggara berkat kerja sama Kemenkominfo dan Komisi Informasi (KI) Pusat. Turut hadir dalam acara itu Staf Ahli Menteri Kemenkominfo Bidang Sosial, Ekonomi, dan Budaya Suprawoto, komisioner KI Pusat Bidang Advokasi, Sosialisasi, dan Edukasi Henny S Widianingsih, pimpinan badan eksekutif mahasiswa se-Jabodetabek, dan sejumlah LSM. Menurut Freddy, ada tiga agenda dunia dalam kaitan kebebasan informasi yang terjadi, yakni pertama era globalisasi, dunia semakin dekat satu sama lain dengan dampak informasi yang menyebar cepat. Kedua, demokratisasi, terjadi partisipasi publik ketika warga negara dapat berperan serta menentukan arah kebijakan negara. Ketiga, percepatan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

ANTARA/REKOTOMO

HAK UNTUK TAHU: Seorang aktivis Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah membawa buku Himpunan Peraturan Perundang-undangan Keterbukaan Informasi Publik yang akan dibagikan kepada pengguna jalan saat memperingati Hari Hak untuk Tahu (Right to Know Day) di Semarang, Jateng, Rabu (28/9). Kekuatan dunia saat ini, lanjut Freddy, ditentukan mereka yang menguasai informasi. Bukan lagi berpatokan pada kekuatan senjata yang dimiliki. Dalam era kebebasan informasi, dia berharap terjadi percepatan partisipasi dalam perumusan kebijakan publik. “Era Orba (Orde Baru) semua informasi tertutup. Sekarang eranya terbuka, yakni dengan UU Keterbukaan Informasi Publik, masyarakat memiliki

kebebasan memperoleh informasi dengan semangat transparansi,” cetusnya. Sebagaimana UU No 14/2008 yang telah diresmikan pada 30 April 2008, ia menyadari bahwa hasilnya masih belum optimal seperti da lam pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) sebagai layanan publik di pemerintahan dan di daerah. Ia menegaskan masyarakat berhak tahu terhadap informasi

sekecil atau seringan apa pun, misalnya dalam pembuatan KTP atau SIM, berapa biaya resmi yang semestinya disiapkan dan persyaratan administrasi yang diperlukan. “Semoga ma syarakat lebih cerdas dalam mengakses informasi dan mampu berpartisipasi.” Kendala Suprawoto mengemukakan, pelaksanaan UU No 14/2008 untuk membentuk KI daerah

diakui menghadapi sejumlah kendala di lapangan. Di antaranya luas wilayah yang harus dijangkau, infrastruktur, dana, dan sumber daya manusia (SDM). Namun, pihaknya sejak awal mengklaim intensif menyosialisaikan UU ini, baik melalui media arus utama (cetak dan elektronik) dan melalui media pertunjukan rakyat kepada pejabat-pejabat pemerintah pusat dan daerah.

“Saat ini terus dilakukan, baik melalui sosialisasi yang terus dilakukan terutama pembentukan PPID, pelatihan bagi pejabat PPID, pembentukan forum PPID. Tentunya peran media juga diharapkan ikut serta menyosialisasikan UU ini,” cetusnya. Ia mengingatkan pelaksanaan UU KIP perlu proses panjang. Negara Inggris yang telah memiliki UU semacam ini sejak 2000 saja baru memberlakukannya empat tahun kemudian. Namun secara umum, ungkap dia, telah banyak kesadaran untuk memenuhi UU ini. Tentang masih minimnya sosialisasi kepada publik diamini Ketua BEM IPB Reza, yang menilai perlu sosialiasai lebih gencar tentang UU KIP. Selain itu, ia menilai pejabat publik Kemenkominfo dan KI Pusat mesti lebih merakyat dan komunikatif dalam menginformasikan UU tersebut. “Pejabat terkait mesti mengomunikasikan UU KIP lebih merakyat, lalu apakah ada sanksi bagi pejabat publik yang tidak mau memberikan informasi,” cetusnya. Suprawoto menyatakan sebenarnya saat ini sudah banyak badan publik yang berkonsultasi untuk segera membentuk PPID kepada Kemenkominfo. Menurut dia, saat ini lebih dari 70 kementerian dan lembaga telah membentuk PPID. KI Pusat belum lama ini memberikan penghargaan kepada 10 badan publik yang dinilai terbaik dalam keterbukaan informasi kepada publik. Penghargaan itu berdasarkan informasi tentang regulasi keuangan, kinerja, dan 82 profil badan publik negara dalam situs mereka. Pemantauan dilakukan selama periode 2010-2011. Ke-10 badan publik penerima piagam penghargaan KIP antara lain Kemenkominfo dengan nilai 68,0, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dengan nilai 62,9, dan DPR dengan nilai 57,2. (H-1) oebay@mediaindonesia.com

Perlu Kesadaran Pemimpin Daerah UNDANG-UNDANG Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) mengamanatkan pembentukan Komisi Informasi (KI) ke seluruh provinsi di Indonesia. Karena itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan KI Pusat gencar melakukan sosialisasi ke seluruh Indonesia. Namun, hingga saat ini baru berdiri sembilan KI provinsi dari 33 provinsi. Kondisi tersebut menunjukkan respons lahirnya UU KIP terkesan setengah hati. Padahal, keberadaan lembaga tersebut penting dalam mengimplementasikan UU KIP juga menyelesaikan sengketa informasi publik yang terjadi antara pemohon informasi dan badan publik. Komisioner KI Pusat Bidang Advokasi, Sosialisasi, dan Edukasi Henny S Widianingsih mengemukakan yang memelopori berdirinya KI pro vinsi ialah Jawa Tengah sebagai provinsi pertama yang terlebih dulu siap, disusul Ja-

wa Timur, Kepulauan Riau, Gorontalo, Lampung, Banten, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, dan Sumatra Selatan. Ironisnya, Provinsi DKI Jakarta sebagai ibu kota negara hingga kini belum membentuk KI. Menurut Henny, lambannya pembentukan KI provinsi karena kurangnya kesadaran para pemimpin daerah dengan alasan pendanaan dan sumber daya manusia (SDM). Alasan lain ditengarai kekhawatiran atau ketakutan keterbukaan informasi dalam tata kelola pemerintahan di daerahnya. “Sesungguhnya sosialisasi UU KIP dan pembentukan KI provinsi sudah kami lakukan ke seluruh Indonesia bersama tujuh komisioner dari KI Pusat dan juga Kemenkominfo,” kata Henny saat workshop Hari Hak untuk Tahu Sedunia (International Right to Know Day) di Bogor, Jawa Barat, pekan lalu. Secara terpisah, pengamat kebijakan publik Agus Pambagio menilai macetnya pemben-

tukan KI provinsi disebabkan lemahnya kepemimpinan di pusat dan daerah. “Kemenkominfo harus terus mendorong keberadaan KI provinsi dan jangan seperti Departemen Penerangan dulu,” kata Agus Pambagio, di Jakarta, Selasa (11/10). Agus, yang sejak awal perumusan UU KIP turut serta membahas bersama masyarakat dan LSM, mendesak KI Pusat untuk lebih sering melakukan sosialisasi agar masyarakat menjadi lebih tahu dan paham tentang UU KIP. Kala disinggung soal adanya pihak pemprov yang belum mendirikan KI provinsi, Agus memahami hal itu karena ang garan harus diajukan dan disetujui DPRD setempat. Maka itu, pemprov dan DPRD mungkin ketakutan ‘kongkalikong’ mereka selama ini dalam pengesahan anggaran akan tercium dan ketahuan dengan adanya KI provinsi. Namun, hal itu dibantah pihak Pemprov

DKI. Cucu Ahmad Kurnia selaku Kepala Humas Pemprov DKI menyatakan pihaknya siap memberikan transparansi informasi kepada publik. ‘’Hanya saja perlu diperjelas lagi petunjuk teknisnya agar tidak ada multitafsir dari UU yang ada,’’ ujarnya. Ia juga menegaskan Pemprov DKI dalam waktu dekat akan segera memilih orang untuk duduk sebagai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). “Posisi itu akan terisi sebelum 2012,” kata Cucu. Sementara itu, pionir pendirian KI Provinsi, Pemprov Jawa Tengah, sejauh ini mengalami tren positif dalam hal keterbukaan informasi. Hal itu ditandai dengan makin banyaknya para pemohon informasi dari kelompok masyarakat dan dari kasus sengketa informasi yang ditangani. ‘’Sampai saat ini kami menangani 46 kasus sengketa informasi,’’ ujar Ketua KIP Jateng Rahmulyo Adi Wibowo. (Bay/HT/HZ/H-1)

KETERBUKAAN INFORMASI: Kepala

MI/RAMDANI

SMP Negeri 28 Asadullah (kanan) memprotes isi surat keputusan Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia saat acara penyerahan salinan SPJ terkait dengan penggunaan dana BOS dan BOP kepada ICW yang difasilitasi Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sulitnya Mendapat Informasi yang Jelas BERITA mengenai temuan tim peneliti dari Institut Pertanian Bogor (IPB) terkait susu formula yang diduga mengandung bakteri Enterobacter sakazakii belumlah hilang dari ingatan masyarakat. Terlebih hingga kini masyarakat tidak diberi tahu jenis dan merek susu apa saja yang terkena bakteri tersebut. Padahal, masyarakat berhak untuk mengetahui hal itu karena produk susu tersebut dikonsumsi oleh kalangan umum. Kejadian itu menjadi salah satu fakta yang menunjukkan sulitnya masyarakat untuk mendapatkan informasi yang notabene bersentuhan langsung dengan kepentingan publik. Kehadiran UndangUndang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) diharapkan mampu memperbaiki kondisi itu. Sayangnya, setelah lewat satu tahun, dampak positif dari UU yang berlaku sejak 1 Mei 2010 itu ternyata belum dirasakan masyarakat. Pengalaman yang dialami

Fajar Yanuar, 27, bisa menjadi contohnya. Pegawai swasta di Jakarta asal Bandung itu mengaku kebingungan saat harus mengurus kartu tanda penduduk (KTP) baru untuk wilayah Jakarta. “Gak jelas, katanya gratis, tapi ada yang bilang untuk mengurus KTP di Jakarta biayanya minimal di atas Rp100 ribu. Ada juga yang bilang cuma Rp25 ribu. Sudah tanya ke pengurus kelurahan tapi informasinya simpang siur,” papar Fajar. Fajar tak tahu bahwa dengan diberlakukannya UU KIP sejak setahun lampau, dirinya berhak mendapat informasi yang jelas tentang berbagai kebijakan publik. Ia bahkan tidak paham apa itu KIP. Terkait hal itu, Humas Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia mengatakan bahwa informasi publik dari pihak pemprov telah disosialisasikan. Hanya saja, pelayanan di lapangan memang belum maksimal. “Informasi-informasi terkait

kepentingan publik sudah kita umumkan sesuai peraturan. Tapi biasanya yang tidak maksimal itu adalah pelayanan di lapangan. Saya akui masih perlu dibenahi,” jelasnya. Apa pun alasan yang dikeluar kan oleh para pembuat kebijakan, masyarakat berhak mendapatkan informasi yang tepat dan transparan. “Dari masalah berapa biaya pembuatan KTP, paspor, SIM, dan dokumen serta pelayanan lainnya hingga penjelasan kasus-kasus besar yang menyita perhatian publik perlu diinformasikan dalam porsi yang layak,” ujar Chairul Anam, Sekretaris Eksekutif Komite Aksi Solidaritas untuk Munir (Kasum) pada kesempatan terpisah. Hadirnya UU KIP dan terbentuknya Komisi Informasi Pusat membawa secercah harapan untuk mengungkap kasus-kasus besar yang selama ini belum jelas, seperti kasus pembunuhan aktivis hak asasi manusia, Munir. Setidaknya itu yang diharapkan Kasum. (HZ/S-3)


H UMANIORA

JUMAT, 14 OKTOBER 2011

13

Pemerintah Jangan Lepas Tangan Danai PTN Demi mewujudkan akses masyarakat terhadap pendidikan tinggi yang murah dan berkualitas, pemerintah harus ikut mendanai perguruan tinggi negeri. HAFIZD MUKTI AHMAD

K

MI/RAMDANI

TANAM BAKAU: Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta, Kepala BP Migas R Priyono, anggota Komisi VII DPR RI Milton Pakpahan, dan Wali Kota Jakarta Utara Bambang Sugiyono (dari kiri) bersiap menanam bibit mangrove di Taman Wisata Alam Angke, Kapuk, Jakarta Utara, Rabu (12/10). Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu dan Gas Bumi (BP Migas) menanam 10 ribu bibit bakau dalam rangka perayaan ulang tahun ke-9 BP Migas.

Tarif KB di Daerah masih Tinggi BADAN Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) meminta pemerintah daerah tidak memberlakukan tarif pelayanan KB berdasarkan peraturan daerah (perda) setempat. Menurut Sekretaris Utama BKKBN Sudibyo Alimoeso, sebagian besar pemerintah kabupaten/kota memiliki perda yang meng atur layanan kese hatan dengan tarif tinggi, melampaui dana yang disediakan BKKBN. Perda itu diberlakukan terkait dengan pendapatan asli daerah (PAD). ‘’Kami siap mengganti biaya untuk layanan KB seperti

kontrasepsi mantap pria dan wanita. Tetapi ada perda yang memberlakukan lebih mahal,’’ katanya saat meninjau layanan KB di KRI dr Soeharso di Pelabuhan Tanjung Batu, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung, Rabu (12/10). Tingginya tarif layanan yang diberlakukan pemkab/pemkot terlihat dari banyaknya peminat setiap berlangsung layanan KB gratis dalam bakti sosial. Adapun pelayanan KB rutin kurang diminati. Terkait dengan layanan KB dalam Bakti Surya Baskhara Jaya di KRI dr Soeharso, ia mengatakan kegiatan itu dila-

kukan untuk menjangkau masyarakat di daerah tertinggal, terpencil, dan perbatasan. Sebab, masyarakat di daerah itu sulit memperoleh layanan KB. ‘’Kalaupun ada, tempatnya jauh, memerlukan waktu, dan biaya. Padahal banyak warga yang sudah tidak ingin punya anak, tapi kesulitan mendapat layanan KB,’’ ujarnya. Untuk lebih memudahkan mereka pula, layanan KB melalui bakti sosial diberikan dalam bentuk metode kontrasepsi jangka panjang. Di antaranya IUD, implantasi, medis operasi wanita (tubektomi), dan medis operasi pria (vasektomi).

RI Didesak Ratifikasi Konvensi Hak Difabel PERSOALAN penyandang disabilitas masih kurang mendapat perhatian serius. Pemerintah belum meratifikasi konvensi hak-hak penyandang disabilitas (cacat) hingga saat ini. ”Ini sangat mengecewakan. Kelompok disabilitas belum dianggap sebagai bagian dari masyarakat,” keluh Kepala Departemen Pemberdayaan Perempuan DPP Persatuan Tunanetra Indonesia Rina Prasarani di sela-sela pembahasan pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) Konvensi Mengenai Hak-Hak Penyandang Disabilitas di Gedung DPR RI, Rabu (12/10). Padahal, lanjut Rina, ratifikasi itu akan memberikan kekuatan hukum mengikat terkait dengan hak penyandang disabilitas, antara lain akses khusus di fasilitas umum dan kesetaraan kesempatan

ANTARA

Makmur Sunusi Dirjen Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Kemensos mendapatkan pekerjaan. Dirjen Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial (Kemensos) Makmur Sunusi mengakui Indonesia sedikit terlambat dalam meratifikasi konvensi yang telah ditandatangani 149 negara, termasuk Indonesia, itu. Menurutnya, tidak mudah bagi negara berkembang seperti Indonesia untuk menerapkan amanat konvensi, terutama

menyangkut kapasitas SDM dan finansial tiap-tiap negara. ”Memang dibutuhkan waktu untuk pendalaman,” kata Makmur. Ratifikasi, lanjutnya, mengundang implikasi serius. Salah satunya ialah pemerintah harus mewajibkan pengelola gedung bertingkat memberikan akses bagi difabel. Dalam masalah itu harus diakui, Indonesia masih babak belur. Amanat perusahaan harus memberi kuota 1% bagi tenaga kerja penyandang cacat sesuai dengan UU Nomor 4 Tahun 1997 tentang Penyandang Cacat pun belum bisa terlaksana dengan baik. Masalahnya, PBB mengamanatkan negara yang telah meratifikasi memberi laporan secara periodik. ”Kalau laporan kita jelek, kita bisa dikategorikan sebagai negara yang abai pada difabel.” (Tlc/H-1)

Menurut Sudibyo, jika layanan KB melalui bakti sosial dilakukan dalam bentuk metode kontrasepsi jangka pendek seperti pil dan suntik, akan menyulitkan akseptor. ‘’Sebab, setelah itu akseptor harus mengulang di tempat pelayanan statis.’’ Ia juga mengungkapkan sekitar 9,1% pasangan usia subur tidak terjang kau pelayanan KB. Kondisi itu mengakibatkan risiko aborsi tidak aman sehingga meningkatkan risiko kematian ibu. BKKBN, lanjutnya, menargetkan pada 2015 angka masyarakat yang tidak terlayani KB itu bisa ditekan hingga tinggal 5%. (Pbu/H-1)

OMISI X DPR RI menawarkan tiga pilihan status bagi t u j u h p e rg u ru a n tinggi badan hukum milik negara (PT BHMN). Yaitu menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) dengan otonomi penuh, semiotonomi, atau otonomi terbatas. Pemilihan status itu nantinya dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan perguruan tinggi. Demikian diungkapkan Ketua Komisi X DPR RI Rully Chairul Azwar saat memimpin rapat pembahasan Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU PT) antara Komisi X DPR dan para rektor dari tujuh PT BHMN, kemarin. Tujuh PT BHMN itu adalah Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Diponegoro (Undip), dan Universitas Gadjah Mada (UGM). Seperti diketahui, pascapencabutan Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan (UU BHP) oleh Mahkamah Konstitusi (MK) 31 Maret 2010, tujuh PT BHMN itu memasuki masa transisi pergantian status

menjadi PTN hingga Desember 2012 mendatang. ‘’Untuk universitas yang mengambil otonomi penuh diharapkan segala sesuatunya menjadi kekuasaan universitas, mulai dari tata kelola hingga pembiayaan tidak bergantung pada pemerintah,’’ ujar Rully. Menanggapi hal itu, Rektor UI Gumilar R Somantri menilai otonomi perguruan tinggi harus memiliki format konstitusional yang diwujudkan dengan otonomi rasional. “Sebenarnya untuk otonomi penuh UI siap, tapi apakah masyarakat akan menerima saat UI mengatur besaran biaya kuliah sendiri?” papar Gumilar. Menurut Gumilar, dengan semangat untuk memberikan kemudahan akses pendidikan yang berkualitas dan murah masih tidak mungkin bagi universitas untuk membiayai dirinya sendiri secara mandiri. “Bagaimana kami membayar pegawai, pengajar, serta keperluan lain, sedangkan secara bersamaan tuntutan kualitas dan murah menjadi beban.” Pada kesempatan sama, Emil Salim sebagai Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UI dengan tegas mengatakan seharusnya tidak ada istilah semiotonomi atau otonomi terbatas. “Yang diperlukan adalah

murni otonomi universitas (dalam hal pengelolaan), namun pemerintah tetap ambil bagian dalam pembiayaan karena statusnya perguruan tinggi negeri. Kata ‘negeri’ jangan dikesampingkan,” tegasnya. Senada dengan Emil, Didiek J Rachbini selaku Ketua MWA IPB, mengatakan otonomi PT merupakan wujud paling sempurna dan terbaik untuk pengembangan pendidikan tinggi, tapi jangan sampai dinilai sebagai swastanisasi PTN. “Terkait pendanaan, pemerintah tidak bisa lepas tangan untuk mendanai pendidikan tinggi. Di sini harus terlihat usaha pemerintah dalam memberikan akses pendidikan yang luas, murah, dan berkualitas,” pungkasnya. Pembahasan RUU PT ditargetkan selesai sebelum 2012. UU PT yang dilahirkan kelak akan menjadi landasan bagi setiap PTN dalam menjalankan kegiatan secara menyeluruh terkait tata kelola universitas serta manajemen ke uangan. Termasuk mengatur soal kepegawaian, keuangan, aset, akademik dan kemahasiswaan, pendanaan dari pemerintah, serta biaya operasional pembangunan atau SPP. (HZ/S-3) hafizd@mediaindonesia.com

Merasa Lebih Percaya Diri dengan OSN-Pertamina

DOK PERTAMINA

SEKILAS

PEMENANG OSN-PTI 2010: Nickson Amchon, mahasiswa dari fakultas MIPA Universitas Cendrawasih, Papua.

Ketersediaan Air Minum belum Aman

Origami Raksasa bagi Warga Jepang

KETERSEDIAAN air minum dan perbaikan sanitasi merupakan salah satu sasaran pembangunan milenium (millenium development goals/ MDGs) yang disepakati Indonesia bersama 189 negara lainnya pada 2000. Namun, data BPS menunjukkan saat ini masih terdapat jurang yang besar dari target MDGs yang akan jatuh tempo pada 2015 dengan kenyataan di lapangan. Target yang masih harus dicapai pemerintah sebesar 21,16% untuk air minum dan 10,22% untuk sanitasi. Hal itu diungkapkan Wakil Menteri Bappenas Lukita D Tuwo pada Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional di Jakarta, Rabu (12/10). “Itu berarti pemerintah masih harus menyediakan layanan air minum untuk 60 juta rakyat dan layanan sanitasi untuk 35 juta penduduk. Sulit untuk mencapai target dalam empat tahun ke depan,” ungkap Lukita. Turut hadir sebagai pembicara, Presiden Direktur PT Gikoko Indonesia Joseph Hwang, anggota Dewan Pendiri Corporate Forum for Community Development (CFCD) Emmanuel Sugiyanto, Senior Regional Team Leader Water and Sanitation Program East Asia and Pacific World Bank, Almud Weisz dan Direktur CSR Danone Aqua Sonny Sukada. (*/H-1)

ORIGAMI raksasa terdiri dari 110.311 origami burung yang dibuat 4.413 warga Indonesia akan dipersembahkan bagi warga Jepang. Persembahan origami ini sebagai bentuk rasa keprihatinan mendalam bangsa Indonesia terhadap penderitaan warga Jepang yang terkena musibah bencana gempa dan tsunami 11 Maret lalu. Origami raksasa yang dinamai Care for Japan itu akan mendapat sertifikat dari Muri sebagai origami terbesar di Indonesia. Komisaris PT Pandan College Richard Susilo sekaligus representatif lembaga pendidikan sekolah Jepang di Indonesia mengatakan origami merupakan salah satu budaya ‘Negeri Matahari Terbit’ yang sangat populer di berbagai negara. Menurut Richard, pembuatan origami itu dipelopori Sanggar Origami Indonesia dan Komunitas Origami Indonesia sejak Maret hingga Juni lalu. “Dukungan moral dan simpati bangsa Indonesia ini diharapkan dapat meringankan beban para korban bencana alam di Jepang yang masih dalam pemulihan,” kata Richard yang akan menyerahkan origami itu kepada Dubes Jepang untuk Indonesia Yoshinori Kattori di Jakarta, Minggu (16/10) nanti. (Bay/H-1)

N

ickson Amchon, 20, mahasiswa dari Fakultas MIPA Universitas Cendrawasih, Papua, ini berhasil menyisihkan sekitar 13.500 mahasiswa dari 113 perguruan tinggi di Indonesia dalam ajang Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia (OSN–PTI) 2010 lalu. Bisa menjadi pemenang dalam ajang OSN-PTI bagi Nickson bukanlah hal yang mudah. Dia berjuang untuk menggapai kemenangan. Karena ini adalah kali pertama dirinya mengikuti ajang Olimpiade MIPA. “Saya bisa mengikuti OSN ini karena didaftarkan oleh dosen MIPA saya, karena saya tidak punya rasa percaya diri untuk ikut berkompetisi apalagi skala nasional seperti OSN ini dengan menghadapi ribuan peserta,” ungkap mahasiswa yang sekarang duduk di semester 5 ini. Nickson yang lolos tahap pertama akhirnya datang ke Ibu Kota

Jakarta didampingi oleh dosen pembimbingnya untuk mengikuti seleksi tahap ke-2. “ Saya sangat senang sekali bisa datang ke Jakarta untuk pertama kalinya dengan suasana yang berbeda apalagi difasilitasi secara gratis,” katanya. Anak pertama dari tiga bersaudara pasangan Jakob Tehuteoery dan Paulina ini merasa tidak percaya dirinya lolos masuk final yang akhirnya bisa menjadi Juara Pertama OSN PTI untuk bidang Matematika. Ketidakpercayaan Nickson tersebut disebabkan pada saat mengikuti ujian tahap kedua OSN-PTI, Nickson merasa kesulitan dengan materi soal-soal yang diterimanya karena materi tersebut belum pernah didapatkannya dalam perkuliahan. Namun berkat kegigihannya menyelesaikan soal-soal yang dianggap sulit tersebut, akhirnya Nickson berhasil menjadi juara dalam ajang OSN-PTI. “Puji Tuhan, walaupun saya belum pernah dapat

materi itu dalam perkuliahan dan dengan soal-soal yang susah akhirnya bisa memenangkan juga,” ungkap Nickson saat diwawancara lewat telepon. Nickson yang saat mengikuti OSNPTI 2010 masih duduk di semester 3 ini mengaku uang hasil dari kemenangan digunakannya untuk membeli laptop yang sangat dibutuhkan untuk kuliahnya. Nickson mengakui banyak keuntungan yang diraihnya setelah memenangi OSN-PTI ini salah satunya adalah Nickson mendapatkan rasa percaya diri untuk mengikuti lomba olimpiade lainnya lagi dan baginya ini adalah pengalaman yang sangat berharga. “ Teman dan adik kelas saya banyak yang ingin ikut tapi masih banyak yang kurang percaya diri untuk mengikutinya tapi saya terus membangkitkan semangat mereka agar berusaha mencoba untuk ikut berkompetisi, ” ungkapnya. (S-25)


14

S OSOK

JUMAT, 14 OKTOBER 2011

REISA KARTIKASARI

UBAH KEBIASAAN SELAMATKAN LINGKUNGAN Ia menciptakan jargon lingkungan yang disebut ‘3D perubahan’, dimulai dari diri sendiri, dimulai dari halhal kecil, dan dimulai dari sekarang.

merusak lingkungan diubah sehingga muncul kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Berbeda dari 10 tahun lalu, papar Reisa, Indonesia sudah mulai menunjukkan titik terang. Banyak masyarakat sudah mulai sadar akan pentingnya pelestarian lingkungan. Itu, kata Reisa, bisa dilihat dari lembaga swadaya yang bergerak di bidang lingkungan yang semakin banyak, gerakan-gerakan semakin gencar, masyarakat mulai berpartisipasi, dan peraturan-peraturan yang berkaitan dengan lingkungan pun banyak yang diperbaiki.

SISKA NURIFAH

T

EPAT Oktober tahun lalu, Reisa Kartikasari meraih gelar Puteri Indonesia Lingkungan 2010. Sejak itu hari-harinya disibukkan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan. Kini, meski tugasnya telah dilimpahkan kepada Liza Elly Purnama, runner-up pertama Puteri Indonesia 2011, pengalamannya selama satu tahun bertugas sebagai duta lingkungan tak serta-merta ditinggalkannya. Lingkungan yang lestari, menurut Reisa, merupakan isu yang penting dan menyorot perhatian saat ini. Baginya, generasi muda menjadi tonggak penting dalam penyelamatan lingkungan yang kian kritis ini. “Indonesia termasuk empat negara dunia yang paling concern dengan lingkungan. Dan salah satu untuk membuatnya berhasil adalah menggerakkan para generasi muda,” ungkap wanita berusia 26 tahun yang lulusan kedokteran Universitas Pelita harapan itu. Reisa pun menciptakan jargon sendiri yang dia namai ‘3D’. Tujuannya memotivasi masyarakat, terutama generasi muda, agar lebih berupaya melakukan penyelamatan lingkungan. “Sebagai generasi muda kita harus melakukan 3D perubahan, yakni dimulai dari diri sendiri, dimulai dari hal-hal kecil, dan dimulai dari sekarang. Saya selalu menekankan hal itu di setiap tugas yang saya jalani,” ungkap Reisa kepada Media Indonesia seusai acara penanaman pohon bakau di kawasan ekowisata Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Kamis (6/10). Isu lingkungan memang menjadi salah satu isu serius di berbagai negara, di tengah kondisi lingkungan yang kian kritis seperti penumpukan sampah, hutan-hutan yang kian gundul, juga krisis energi. Menurut Reisa, partisipasi dalam pelestarian dan penyelamatan lingkungan harus dimulai dari hal-hal kecil di lingkungan sekitar, dengan mengubah kebiasaan sehari-hari. “Mematikan lampu yang tidak perlu, membiasakan menggunakan paper bag, ataupun bike to work. Semua bisa dilakukan sendiri dan mudah, bisa dimulai dari rumah masing-masing,” sarannya.

Kebiasaan Reisa rupanya tidak sekadar cuap-cuap. Ia pun mengaku punya kebiasaan-kebiasaan ramah lingkungan seperti mematikan lampu dan air yang tidak perlu, juga membawa kantong belanjaan sendiri setiap berbelanja di supermarket. Hal itu, menurutnya, merupakan beberapa aksi kecil yang bisa membuat lingkungan lebih baik.

Biodata Nama lengkap: Reisa Kartikasari Tempat, tanggal lahir: Malang, 24 Desember 1985 Pendidikan: • Dokter umum, lulusan Universitas Pelita Harapan (2009) • Master of Public Health, Universitas Indonesia (sekarang) Pengalaman bekerja: • Tim Disaster Victim Identification Rumah Sakit Kepolisian RI Sukanto (2009) • Ambasador Mustika Ratu (2010-sekarang) Prestasi: • Puteri Indonesia Lingkungan Hidup 2010 • Duta Energi Bersih oleh Kementerian ESDM (2010) Hobi: Traveling dan memasak

Sikap boros energi memang salah satu kebiasaan yang perlu diubah demi lingkungan hidup yang lebih baik. Karena itu pula Reisa turut menyosialisasikan penghematan energi. “Salah satunya penghematan energi di kantor-kantor karena mereka merupakan salah satu pengguna energi terbesar,” ungkap perempuan yang baru-baru ini dinobatkan sebagai Duta Energi Bersih oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral itu. Selain itu, tentu saja mengubah kebiasaan guna memelihara lingkungan hidup perlu dilakukan sejak dini. Tidak ketinggalan, Reisa ikut menyosialisasikan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan di sekolah-sekolah lewat berbagai kegiatan, seperti pemilahan sampah dan mendaur ulang sampah menjadi pupuk. Tidak berhenti di situ, Reisa bahkan berharap ada kurikulum tersendiri tentang lingkungan hidup di setiap sekolah sehingga pelestarian lingkungan dapat ditanamkan sejak dini kepada generasi muda Indonesia. “Harus ada kurikulum tersendiri sehingga mereka bisa diajari soal lingkungan. Kita harus menumbuhkan kesadaran sejak dini karena masa depan ada di tangan generasi muda,” ungkap wanita yang akan segera bertanding di ajang Miss International di China pada 6 November mendatang itu. (M-3)

Titik terang Sebelum mengikuti ajang Puteri Indonesia tahun lalu, Reisa pernah bekerja sebagai dokter di Rumah Sakit Kepolisian RI Sukanto, Kramat Jati, Jakarta Timur, selama setahun. Ia bahkan termasuk tim forensik disaster victim identification (DVI) dan turut mengajar dokter-dokter muda. Selain itu, ia pun pernah menjadi konsultan di sebuah klinik bedah kecantikan di Jakarta. Dari pengalamannya bertugas sebagai putri lingkungan, Reisa mengaku menemui berbagai karakter masyarakat saat mengunjungi Nusantara, dari ujung Aceh hingga Indonesia bagian timur. Baginya, masyarakat perlu terus dimotivasi untuk berupaya menjaga lingkungan sekitar mereka. Caranya dengan mengomunikasikan agar kebiasaan-kebiasaan buruk yang berakibat

siska@mediaindonesia.com MI/RULLY FIRDAUS

Davina Hariadi

Sandiaga S Uno

Ingin Vonis Berat

Berlari untuk Berbagi

SATU lagi keluhan muncul bagi penegak hukum yang terkesan tidak serius dalam mengadili pelaku kejahatan terhadap hewan-hewan yang dilindungi. Suporter kehormatan WWF Indonesia Davina Hariadi mengaku selalu kesal dengan cara penyelesaian kasus hukum pemburu harimau yang divonis ringan. “Hukuman yang diberikan kepada Afandi, penadah kulit harimau yang divonis pada akhir September lalu di PN Payakumbuh, harusnya lebih tegas. Denda Rp3 juta dan tiga tahun penjara terlalu ringan,” tegas Davina saat menyebut salah satu kasus. Saat ditemui dalam acara seminar bertema Penegakan hukum yang berpihak pada lingkungan yang diselenggarakan WWF di Jakarta, Davina mengatakan kepunahan hewan yang dilindungi akan jadi kenyataan jika pengadilan bersikap lunak. “Efek jera yang jadi tujuan hukum tak akan tercapai,” ujar perempuan kelahiran Hamburg, Jerman, yang sudah aktif di WWF sejak 2008 dan konsen pada berbagai masalah lingkungan itu. Dalam setahun belakangan ia bahkan istirahat syuting dan menjalani kegiatan sosialnya. Keluar-masuk hutan atau ke laut kini sudah jadi hobinya. “Saya ingin melihat dari dekat satwa Indonesia, mencari tahu keadaannya di lapangan dan memperjuangkan nasib mereka,” ujar model ini. Dengan wajah kesal ia mengatakan, “Rasanya gemas mengetahui lingkungan yang menjadi rumah kita rusak, apalagi sampai mengorbankan satwa yang tak bersalah.”(*/M-1) MI/PANCA SYURKANI

BANYAK cara untuk bisa berbagi dan berbuat mulia kepada orangorang yang membutuhkan bantuan. Salah satunya melalui hobi. Pengusaha muda yang gemar berolahraga lari, Sandiaga S Uno, rupanya salah satu orang yang bisa mengombinasikan aktivitasnya sehingga menghasilkan dana yang dibutuhkan banyak yayasan sosial. Ia tercatat merupakan salah satu pelari yang mewakili Indonesia di ajang New York Marathon yang diselenggarakan di New York pada 6 November mendatang. Untuk keempat kalinya pengusaha sukses yang akrab dipanggil Sandi itu memanfaatkan ajang tersebut untuk menggalang dana. Itu akan disumbangkan kepada yayasan sosial, termasuk Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) melalui program Berlari untuk Berbagi yang diprakarsai sejak 2009. Setelah berpartisipasi dalam Gold Airport Marathon pada Juli lalu, Sandi berhasil menggalang dana lebih dari Rp2 miliar. Pada November mendatang ini, Sandi akan melipatgandakan donasi (matching funds) sebesar Rp40 juta yang diberikan donatur menjadi Rp80 juta per kilometer, untuk disumbangkan kepada yayasan yang ditunjuk setiap donatur Berlari untuk Berbagi tersebut. Program itu bertujuan memberikan harapan kepada mereka yang berasal dari keluarga prasejahtera di berbagai yayasan sosial. Itu juga diharapkan bisa menginspirasi masyarakat bahwa kegemaran pun bisa menjadi sarana untuk beramal. (*/M-1) MI/ADAM DWI


P OP KOMUNITAS

JUMAT, 14 OKTOBER 2011

15

Shadow Guardian karya Aries Lukman

DOK. ARIES LUKMAN

Fotodroids - Iphonesia

Potret, Edit, dan Bagikan! Memotret dengan ponsel kian menantang saja. Banyaknya aplikasi editing dan filtering bikin foto ponsel makin seru! CHRISTINE FRANCISKA

T

IAP hari, Aries Lukman, 31, selalu menyempatkan diri menyusuri jalanan kota. Dengan kamera Iphone miliknya, ia menjepret apa saja, mulai pengemis di lampu merah, orang yang sibuk lalu lalang, hingga penjual barang keliling yang bersepeda. “Sewaktu berangkat kerja atau di sela makan siang, saya sengaja menyusuri jalan sebentar untuk melihat objek-objek bagus di sekitar,” katanya. Sejak tiga tahun belakangan, Aries memang tertarik pada kemampuan ponselnya menjepret gambar. Tak hanya kamera untuk memotret, berbagai jenis editing dan filtering yang menarik pun tersedia di toko aplikasi di ponsel. Seni mengolah gambar dengan aplikasi foto di Iphone itulah yang kini marak disebut Iphonografi. Karena itu, sebagai Iphonografer, Aries tak hanya memotret.

Instagram untuk menunjukkan karya. Sekarang, di Indonesia, penggunanya sudah bisa mencapai 2.000 sampai 3.000 orang,” lanjutnya. Andrografi Selain Iphonesia, ada komunitas Fotodroids yang punya hobi serupa. Hanya, platform yang dipakai adalah aplikasi foto yang menggunakan platform Android. Seni memotret dengan platform Android ini pun lazim disebut andrografi. Pendiri Fotodroids yakni Lean Nasution dan Johannes Juda dari Banjarmasin, Lutfi Hidayat R dari Bandung, serta Alex Chandra W dari Jakarta. Selain mereka berempat, ada Robert Tanamas, 34, yang kini digadang sebagai moderator Fotodroids. Aplikasi foto di Android Market tentu berbeda dengan aplikasi foto di Istore Apple. Untuk photo sharing, mereka banyak menggunakan aplikasi seperti Streamzoo, Mytubo, dan Picplz.

DOK. FOTODROIDS

Salah satu karya komunitas Fotodroids diedit dengan berbagai aplikasi yang diunduh langsung dari ponsel sang fotografer. Setelah mendapat gambar yang bagus, ia langsung mengedit foto dengan tiga aplikasi berbeda. Ada Cross Process, Filterstorm, dan Iris Photo Suite. “Biasanya, kita selalu pakai banyak aplikasi untuk mengedit satu gambar. Kalau saya biasa pakai tiga, yaitu Cross Process sebagai filtering agar foto tampak tua, Filterstorm untuk sesuaikan warna hitam putih dan kontras, dan Iris Photo Suite sebagai penambah tekstur,” jelasnya. Hobi tersebut ternyata bukan hobi Aries seorang. Bersama komunitas Iphonesia, ratusan bahkan ribuan pengguna Iphone rajin berbagi foto hasil olahan mereka. “Biasanya kita menggunakan aplikasi photo sharing seperti

“Sementara untuk memotret dan mengedit, kita pakai banyak aplikasi, seperti Picsay Pro, Little Photo, Camera 360, Picsin, Magichour, Retro Camera, Pro HDR Camera, Camera Advance, Vignette, Pixlr-omatic,” jelas Robert. Selain itu, lewat Fotodroids.net dan milis Fotodroids di Google Groups mereka kerap berbagi informasi tentang bagaimana teknik memotret dan mengedit foto. Sejak didirikan pada Januari 2011, Fotodroids kini telah memiliki 330 anggota. Robert mengaku suka memotret objek apa saja, dari human interest, pemandangan, hingga arsitektur. “Tapi saya paling suka foto dengan tema awan dan langit,” kata Robert yang menggunakan ponsel HTC Desire sebagai alat potretnya.

Instan Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kamera ponsel kini memang berevolusi. Dulu, dengan resolusi kamera yang sangat terbatas, pengguna sulit menghasilkan foto yang bagus. Namun dengan meningkatnya kualitas gambar hingga 8 megapiksel, pengguna ponsel yang tak memiliki latar belakang ilmu fotografi pun mampu menghasilkan gambar yang menawan. Seperti Robert dan Aries, sebagian besar anggota Iphonesia dan Fotodroids tak memiliki kemampuan dasar tentang fotografi. Minat mereka baru muncul saat mengenal berbagai aplikasi foto tersebut. “Saya dulu hanya penikmat foto saja. Tapi semenjak punya ponsel Android dan coba aplikasi fotonya, saya kagum karena foto yang saya anggap jelek ternyata bisa diolah dengan sangat bagus,” kata Robert. Selain aplikasi yang beragam, ada satu keunggulan lain yang membuat hobi tersebut kian menjamur. Karena ukurannya yang kecil, kamera ponsel sangat instan dan praktis untuk menangkap momen. Pengguna bisa langsung memotret, mengedit (editing), dan berbagi (sharing) ke berbagai media sosial. Kemampuan itulah yang tidak dimiliki kamera-kamera profesional. “Karena itu juga street photography banyak diminati. Orang-orang, sambil lalu, bisa memotret apa yang mereka lihat di jalan. Saya pribadi juga jadi semakin dekat dengan isu sosial yang saya temui. Jadi tidak segan untuk berinteraksi dengan pengemis,” jelas Aries yang memang gemar pada jenis fotografi jalanan. Sebagai ajang kumpulkumpul, Iphonesia sering melakukan hunting foto bersama menyusuri berbagai tempat yang mereka istilahkan Foto Walk. Lokasinya bisa di mana saja, tetapi harus memiliki rute yang jelas, seperti menyusuri jalan dari TIM hingga Monas. Tak mau kalah, Fotodroids juga punya kontes rutin dengan tema tertentu. Adapun kegiatan kumpul dan hunting bareng itu mereka namai Pixout. “Anggota Iphonesia dan Fotodroids juga pernah hunting bareng,” kata Aries. Walau foto yang dihasilkan tak kalah dari fotografer profesional, Aries masih enggan kalau disebut sebagai fotografer betulan. “Kita hobi saja kok, bukan untuk serius,” lanjutnya. (M-1) christine@mediaindonesia.com

DOK. IPHONESIA

FOTO BARENG: Acara foto bareng pun bisa menghasilkan potret yang bagus dengan teknik fotografi menggunakan ponsel dan berbagai aplikasi untuk mengedit.


S ELEKTA

MEDIA INDONESIA | JUMAT, 14 OKTOBER 2011 | HALAMAN 16

KY Percepat Kaji Hakim Tipikor Bandung Anggota majelis hakim Pengadilan Tipikor Bandung, Ramlan Comel, mengakui pernah divonis dua tahun dalam kasus korupsi.

Ketua KY Imam Anshori Saleh seusai menandatangani naskah kerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Jawa Tengah, kemarin. Biasanya, proses pemantauan perilaku hakim dalam satu kasus butuh 90 hari. Namun, untuk kasus Mochtar Mohamad, KY berjanji merampungkan kajian sebelum 90 hari. Sebelumnya, Sekretaris Satgas Pemberantasan Mafia Hukum Denny Indrayana menduga vonis bebas Mochtar sangat aneh. Denny menilai pembebasan itu indikasi awal praktik mafia hukum. Ia bahkan menyebut ada seorang hakim di Pengadilan Tipikor Bandung yang pernah menjadi tersangka dan divonis bersalah. “Ada hakim yang pernah divonis bersalah dalam kasus korupsi walau di Mahkamah Agung akhirnya bebas.” Anggota Satgas Pemberantasan Mafia Hukum yang juga Wakil Jaksa Agung Darmono mengemukakan vonis bebas Mochtar perlu dievaluasi. “Kalau di kejaksaan, setiap putusan bebas akan ada eksaminasi terhadap kasus tersebut,” tegasnya di Makassar, kemarin.

LILIEK DHARMAWAN

V

ONLINE HARI INI

k

ONIS bebas atas Wali Kota nonaktif Bekasi Mochtar Mohamad dalam kasus korupsi dan suap pemenangan Adipura Kota Bekasi, penyalahgunaan APBD Kota Bekasi Rp639 juta, sogok Rp800 juta kepada pemeriksa BPK, dan sogok pengesahan APBD Rp4 miliar sangat mencurigakan. Oleh karena itu, Komisi Yudisial (KY) telah meminta data ka sus dan rekaman sidang yang digelar Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung tersebut. Bahkan KY berjanji bakal mempercepat kajian terhadap perilaku hakim Pengadilan Tipikor Bandung itu. “Seluruh data pendukung telah kami minta. Kami juga meminta laporan dari jejaring KY di Bandung,” jelas Wakil

MI/SUSANTO

Untuk kasus Mochtar Mohamad, KY berjanji merampungkan kajian sebelum 90 hari.” Imam Anshori Saleh Wakil Ketua KY Siap dicopot Anggota majelis hakim Pengadilan Tipikor Bandung, Ramlan Comel, tidak menyangkal bahwa ia pernah terlibat kasus korupsi dan divonis dua tahun penjara saat menjabat Direktur Bumi Siak Pusako. Namun, di MA ia dinyatakan bebas. Comel menyatakan siap diperiksa dan dicopot jika memang sudah tidak dibutuhkan sebagai hakim di Pengadilan Tipikor Bandung. “Enggak ada masalah,” ujarnya, kemarin. Comel menjelaskan, ia men-

jadi anggota hakim di pengadilan tipikor berdasarkan tes serta prosedur. “Tahun 2010 saya resmi sebagai hakim ad hoc. Saya telah menangani 18 kasus tipikor. Namun, baru di Pengadilan Tipikor Bandung memvonis bebas dua terdakwa korupsi (Eep Hidayat dan Mochtar Mohamad),” aku Comel. Ia tetap pada kesimpulannya bahwa vonis bebas tersebut berdasarkan fakta hukum di persidangan. Pengadilan Tipikor Bandung untuk ketiga kalinya membebaskan kepala daerah yang menjadi terdakwa kasus korupsi. Pada Selasa (11/10), Wali Kota nonaktif Bekasi Mochtar Mohamad divonis bebas. Ini kali pertama kasus yang ditangani KPK divonis bebas pengadilan tipikor. Sebelumnya, pada 22 Agustus 2011, Pengadilan Tipikor Bandung memvonis bebas Bupati Subang Eep Hidayat, terdakwa korupsi biaya pemu ngutan pajak bumi dan bangunan Kabupaten Subang senilai Rp14 miliar. Juga Wakil Wali Kota Bogor Achmad Ru’yat, terdakwa korupsi dana APBD 2002 Rp6,8 miliar.(EM/LN/X-7)

Raja Bhutan Nikahi Perempuan Biasa RAJA Bhutan, Jigme Khesar Namgyel Wangchuck, 31, menikahi seorang perempuan dari kalangan biasa di sebuah kastil kuno di biara Himalaya. Dalam upacara mewah di kastil abad ke17 itu, Wangchuck mengenakan mahkota berhiaskan kepala burung gagak. Adapun sang permaisuri, Jetsun Pema, 21, menerima mahkota bersulam sutra. Upacara pernikahan disiarkan langsung di negara berpenduduk 700 ribu jiwa itu. Beberapa biksu bernyanyi, yang lain memukul genderang, dan kepulan asap dari dupa putih melayang menembus kabut di pagi hari. Saat kabut perlahan terangkat, terompet Buddha terdengar di lembah Punakha. Mempelai perempuan pun memasuki kastil. Kedatangan putri seorang pilot itu disambut nyanyian, rombongan kerabat, dan biksu Buddha yang dipandu seekor kuda putih. “Saya senang. Saya telah menunggu lama. Ia perempuan luar biasa dan cerdas. Ia dan saya sering berbagi dalam minat yang sama, yakni soal cinta dan hasrat akan seni,” kata raja lulusan Oxford itu setelah upacara. Sejumlah petani nomaden berpakaian tradisional ikut berkerumun di kastil yang

terletak di antara dua sungai itu. Poster kedua mempelai menghiasi hampir berbagai bangunan, tiang lampu, dan perempatan di ibu kota Bhutan, Thimphu. Para siswa juga membacakan puisi bagi sang ratu, yang mereka juluki sebagai ‘bulan, Srikandi menawan, dan bunga teratai’. Maskapai penerbangan Bhutan menambah penerbangan ekstra untuk memenuhi permintaan pelancong dari mancanegara. Seusai prosesi pernikahan, Raja Bhutan berjalan di hadapan ribuan warga yang menunggu di luar kastil. Ia berjabat tangan dengan sejumlah orang. Pada 2006 Jigme Khesar Namgyel Wangchuck menjadi raja menggantikan ayahnya, Jigme Singye Wangchuck. Namun, penobatan resminya baru digelar pada 2008. Pendidikan di luar negeri telah membantu raja mengembangkan perspektif yang lebih luas tentang bagaimana Bhutan harus menjangkau dunia demi kemajuan negerinya. Raja memiliki kekuatan lain yang membuatnya populer. Ia bisa menyediakan lahan pertanian di negara dengan jumlah petani mencapai dua pertiga dari populasi itu. Selain itu, ia turut membantu menjalankan pencegahan bencana. (*/Reuters/X-8)

lilik@mediaindonesia.com

lik!

mediaindonesia.com me edia

Penjualan Jet Honda n Di nda Ditunda itu Lagi BISNIS pesawat terbang ternyata tidak semudah yang Honda bayangkan. Moto the Power of Dream untuk yang satu ini benar-benar masih sebatas mimpi Honda. Hingga AP/KYODO NEWS saat ini pesawatpesawat Honda Jet masih bermimpi untuk bisa terbang. Setelah tidak terdengar kabar sejak hampir satu setengah tahun lalu, Honda kembali dilaporkan menemui masalah yang membuat Honda Jet gagal terbang. Menurut Bloomberg, percobaan terbaru menemukan adanya kerentanan terhadap es. Itu memaksa Honda harus merancang ulang mesin Honda Jet HF120. Masalah itu juga berakibat pengesahan sertifikasi kelayakan kembali tertahan. Pesawat pun dipastikan tidak akan diluncurkan hingga tahun depan seperti yang telah dijadwalkan sebelumnya. Itu merupakan penundaan yang kesekian kalinya bagi Honda setelah mereka mencoba memasuki dunia penerbangan. Proyek Honda Jet pertama kali diumumkan pada Juli 2006 dengan harapan sudah bisa terbang pada 2010. Padahal, pesawat Honda Jet seharga US$4,5 juta berkecepatan 787 km/jam itu telah melakukan percobaan terbang pertamanya pada akhir Desember lalu dengan hasil yang sempat memuaskan. (OL-07)

Tiga Pulau Disulap Jadi Kebun Sawit TIGA pulau di Kecamatan Tanjungpura, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara, yaitu Pulau Serawak, Pulau Teluk Nibung, dan Pulau Cincang, kini telah beralih fungsi menjadi areal perkebunan sawit. “Kami prihatin dengan kondisi ketiga pulau yang sudah dijadikan perkebunan kelapa sawit,” kata Ketua Kelompok Masyarakat Peduli Hutan Lubuk Jaya dan Kuala Serapuh Tanjungpura, Sugianto, di Stabat, kabupaten Langkat, kemarin. Sugianto bersama 300 nelayan datang ke Kantor Bupati Langkat di Stabat meminta perhatian pemkab akan nasib ketiga pulau hutan bakau tersebut yang beralih fungsi menjadi perkebunan kelapa sawit. Dikatakannya, pengusaha yang mengalihfungsikan hutan bakau di tiga pulau tersebut diduga menguasai lahan di atas 160 hektare. Menurut dia, kerusakan hutan bakau cukup parah sehingga masyarakat berharap Pemkab Langkat segera mengambil tindakan seperti yang dilakukan di Pulau Sedapan Besitang. (Ant/OL-9)

Dana Optimalisasi Diusulkan untuk Cadangan Fiskal PEMERINTAH mengusulkan dana optimalisasi Rp11,6 triliun dapat dipakai untuk mengurangi defisit dan menambah cadangan risiko fiskal RAPBN 2012. Hal itu disampaikan Menteri Keuangan Agus Martowardojo dalam rapat kerja dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR, kemarin. Agus menjelaskan penggunaan dana untuk cadangan itu didasarkan pada perhitungan kri sis perekonomian global yang dapat berpengaruh ke Indonesia. Dampak krisis itu, di antaranya dapat menghambat pertumbuh an ekonomi dan ketahanan pangan. Dia menjelaskan dana hasil optimalisasi bruto itu didapat dari penambahan penerimaan pajak Rp13,2 triliun, pe nerimaan negara bukan pajak (PNBP) Rp5,3 triliun, dan penghematan bunga utang Rp0,9 triliun, sehingga jumlahnya mencapai Rp19,4 triliun. Dari jumlah itu, pengalokasian otomatis untuk dana alokasi umum Rp4,3 triliun, penambahan pagu penggunaan PNBP Rp0,5 triliun, dana bagi hasil Rp1,6 triliun, dana otonomi khusus Rp0,2 triliun, dan penam bahan dana pendidikan Rp1,3 triliun, sehingga jumlah

dana optimalisasi (neto) menjadi Rp11,6 triliun. “Optimalisasi tentu akan digunakan untuk yang bersifat otomatis sesuai dengan formula, seperti pagu penggunaan PNBP, dana perimbangan, anggaran pendidikan dengan formulasi putusan MK (Mahkamah Konstitusi) sesuai UU Nomor 33 Tahun 2004,” tuturnya. Terkait dengan usulannya itu, Agus menekankan bahwa dalam pembahasannya harus benar-benar transparan dan menjunjung prinsip tata kelola yang baik. “Jangan ada penggelembungan,” tegasnya. Ketua Banggar DPR Melchias Markus Mekeng pun sepakat dengan pernyataan Agus soal transparansi terse but. “Pokoknya kita mau pembahasan ini benar-benar transparan.” Hingga berita ini diturunkan, rapat kerja masih berlangsung. Namun, Menkeu Agus meminta izin tidak bisa melanjutkan rapat karena harus segera terbang ke Paris, Prancis, untuk mengikuti pertemuan G-20, 1415 Oktober 2011. “Rapat jangan ditunda. Dilanjutkan dengan Wakil Menkeu (Anny Ratnawati),” pintanya. (ML/X-5) AP/KEVIN FRAYER

Pemerintah Dukung Sinergi Selat Karimata

BACAAN FAVORIT

1

APPLE LUNCURKAN IOS 5 SISTEM operasi terbaru Apple, IOS 5, kini sudah tersedia untuk diunduh secara gratis. IOS 5 menyediakan lebih dari 200 fitur dan mendukung layanan baru seperti Imessage untuk pengiriman pesan antarpengguna IOS. (Media Gadget)

2

PRIA PEROKOK TIDAK ANDAL DI TEMPAT TIDUR BAGI Anda para pria yang tengah berjuang menghentikan kebiasaan merokok, kini ada satu fakta lagi yang akan memotivasi Anda. Rokok ternyata memengaruhi kemampuan Anda dalam berhubungan seks. (Media Hidup Sehat)

3

SINGAPURA TERNYATA PUNYA KOTA SALJU SIAPA bilang di Singapura tak ada salju? Meski sebagai salah satu negara beriklim tropis, Singapura ternyata memiliki salju sungguhan. Masyarakat Singapura yang dulu tak pernah berkesempatan merasakan salju kini bisa merasakan bagaimana berada dalam cuaca dingin tanpa harus meninggalkan Singapura. (Media Travelista)

MI/GINO F HADI

LEPAS TUKIK: Sejumlah warga melepas tukik ke laut yang merupakan salah satu acara dari penyelenggaraan Sail Wakatobi Belitong 2011 di Bangka Belitung, kemarin.

PEMERINTAH mendukung kerja sama sinergis yang dilakukan empat provinsi di kawasan Selat Karimata dalam bidang kelautan dan perikanan. Keempat provinsi itu adalah Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Jambi, dan Kalimantan Barat. Wakil Presiden Boediono me negaskan hal itu dalam aca ra puncak Sail Wakatobi Belitong 2011 di Pantai Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung Barat, Bangka Belitung, kemarin. Dalam sambutannya, Wakil Presiden Boediono mengharapkan memorandum of understanding (MoU) yang telah ditandatangani empat provinsi tersebut bisa meningkatkan dan mempercepat pertumbuhan

daerah itu khususnya di bidang kelautan dan perikanan. “Saya harap bagi keempat provinsi yang tergabung dalam Selat Karimata yang sudah melaksanakan penandatanganan MoU, provinsinya dapat berkembang,” tegas Wapres. Dalam kesempatan yang sama, Wapres juga berpesan kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Kementerian Pendidikan Nasional untuk sesegera mungkin mempersiapkan pendidikan maritim di kawasan itu. “Sehingga dapat diciptakan generasi muda yang andal di bidang kelautan dan perikanan,” kata Wapres. Dalam kesempatan tersebut, Wapres didampingi sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, yakni Menko Kesra

Agung Laksono, Menpora Andi Mallarangeng, Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan, Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, dan Menteri Perhubungan Freddy Numberi. Terkait dengan Sail Wakatobi Belitong sebagai gelaran ketiga, Wapres mengatakan acara itu dimaksudkan untuk mengukuhkan bangsa Indonesia sebagai bangsa bahari. Ia menambahkan, ke depannya harus ada pembangunan yang seimbang antara sumber daya daratan dan kelautan. Untuk itu, lanjutnya, perlu kerja sama sistematis. “Sail Wakatobi Belitong harus menjadi momentum kebangkitan bagi kedua daerah.”(RF/*/X-9)


E KONOMI | JUMAT, 14 OKTOBER 2011 | HALAMAN 17

EKONOMIKA Pelatihan Bahasa Jepang untuk TKI BADAN Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) memulai pelatihan bahasa Jepang bagi 200 calon TKI perawat pasien dan pengasuh jompo yang akan ditempatkan di Jepang pada 2012. Pembukaan pelatihan bahasa Jepang itu dilakukan Deputi Kepala BNP2TKI Bidang Penempatan Ade Adam Noch di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Nasional, Jakarta, kemarin. Acara itu disaksikan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yoshinori Katori dan Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah BNP2TKI Haposan Saragih. Peserta pelatihan itu terdiri dari 54 calon perawat dan 146 calon pengasuh jompo. Pelatihan berlangsung selama 6 bulan di Indonesia dan 6 bulan di Jepang. BNP2TKI mencatat, penempatan TKI sektor jasa ke Jepang sejak 2008 hingga Juni 2011 berjumlah 791 orang, terdiri dari 363 perawat dan 428 pengasuh jompo. (RO/T-3)

Empat Komoditas Syariah Diperdagangkan

MI/PANCA SYURKANI

SKEMA bisnis syariah mulai diterapkan perdagangan komoditas di Bursa Berjangka Jakarta (BBJ). Komoditas yang sudah siap diperdagangkan bursa berjangka syariah ialah cokelat atau kakao, biji mete gelondongan-kulit ari, kopi grade I arabika, dan kopi arabika asalan. “Target transaksinya tidak terlalu muluk, Rp 5 miliar per bank per hari untuk 3 bulan pertama,” ujar Direktur Bursa Berjangka Jakarta Bihar Sakti Wibowo di Jakarta, kemarin. Beberapa komoditas yang tengah menunggu izin administratif untuk diperdagangkan di antaranya minyak kelapa sawit mentah (CPO), minyak olein, dan batu bara. Layanan perbankan yang saat ini sudah tercatat dalam perdagangan komoditas syariah antara lain akan dilakukan Bank Muamalat, Bank Syariah Mandiri, dan HSBC Amanah. Nantinya akan bertambah dengan Bank BRI Syariah, Bank BNI Syariah, serta Bank Jabar Banten. (AI/T-3)

PEMBATASAN BBM: Penjual bensin melayani pembeli di kios BBM di Ternate, Maluku Utara, kemarin. Pembatasan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dinilai sebagai kebijakan banci karena tidak tegas mengatasi masalah subsidi yang salah sasaran.

Nilai Investasi di ASEAN Naik 100%

Kebijakan BBM Banci Meski akan ada dampak inflasi, penaikan harga lebih mudah dilakukan dan turut menekan penyelewengan. MARCHELO

P

E M B ATA S A N k o n sumsi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi merupakan kebijakan banci karena tidak tegas mengatasi masalah subsidi yang salah sasaran. Keberhasilan dan efektivitas kebijakan tersebut pun lebih kecil ketimbang menaikkan harga. Ekonom Indef Ahmad Erani Yustika mengemukakan hal tersebut saat dihubungi, kemarin. Menurut dia, usaha yang harus ditempuh untuk bisa membatasi konsumsi BBM bersubsidi terlampau besar. “Jika menaikkan harga, pemerintah tinggal membuat simulasi. Untuk penghematan anggaran sekian, harus meningkatkan harga berapa rupiah,” jelas Ahmad. Selain tingkat kesuksesan yang lebih besar, ujar dia, penaikan

harga akan menghemat waktu dan tenaga. Ahmad menyatakan penaikan harga sebesar Rp500 hingga Rp1.000 per liter akan memuaskan semua pihak. Dampak negatif yang mungkin ditimbulkan pun dapat diminimalkan. Seperti diketahui, wacana pembatasan konsumsi BBM bersubsidi kembali muncul. Dalam rapat dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR awal pekan ini, pemerintah mengemukakan rencana membatasi konsumsi BBM bersubsidi bagi kendaraan pribadi roda empat mulai April 2012. Wakil Ketua Banggar Tamsil Linrung menilai kebijakan subsidi energi dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2012 tidak prorakyat, khususnya subsidi BBM. Hal itu antara lain terlihat dari konsumsi BBM bersubsidi yang didominasi oleh mobil pribadi dengan porsi 53%, disusul motor 40%. Adapun mobil barang hanya mengonsumsi 4% dan angkutan umum 3%. Berdasarkan data Susenas 2008 dan Bank Dunia 2010, terdapat 25% kelompok rumah tangga dengan penghasilan atau pengeluaran bulanan tertinggi menerima

Premium akan dijual secara diamdiam kalau pengawasan tidak ketat dan saya melihat aparatnya belum siap.” Fauzi Ichsan Pengamat ekonomi alokasi subsidi 77%, sedangkan 25% kelompok rumah tangga dengan pengeluaran bulanan terendah hanya menerima subsidi sekitar 15%. Rawan penyelewengan Pada kesempatan terpisah, pengamat ekonomi Fauzi Ichsan juga menyarankan penaikan harga BBM daripada pembatasan konsumsi. Meski akan ada dampak inflasi, penaikan harga lebih mudah dilakukan dan turut menekan penyelewengan. “Memang pasti ada dampaknya ke masyarakat dan itu harus ada kompensasinya, semisal biaya kesehatan atau pendidikan lebih murah. Itu akan lebih bermanfaat bagi masyarakat,” paparnya. Bila pemerintah tetap memilih pembatasan konsumsi, lan-

jut Fauzi, banyak pembenahan infrastruktur yang harus dilakukan. Saat ini masih banyak stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang tidak memiliki tangki dan dispenser BBM nonsubsidi, khususnya di kotakota kecil. “Jadi, tidak semudah itu kalau mau diberlakukan bulan April,” ungkapnya. Ia juga mengingatkan adanya potensi penyelewengan bila pemerintah tidak ketat mengawasi. “Pasti penyelewengan akan ada.Premium akan dijual secara diam-diam kalau pengawasan tidak ketat dan saya melihat aparatnya belum siap,” ujar Fauzi. Seperti diketahui, disparitas harga yang cukup tinggi dengan BBM nonsubsidi membuat BBM bersubsidi kerap diselewengkan. Sekarang ini premium dan solar dijual dengan harga Rp4.500, sedangkan pertamax mencapai Rp8.800 per liter. Menurut Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), dalam empat bulan pertama penyaluran BBM bersubsidi di 2011 mengalami kebocoran mencapai 10% hingga 15%. (*/Ant/E-1) marchelo@mediaindonesia.com

Perekonomian Indonesia Dikuasai Ijon PEMERINTAH diminta segera memperbaiki kondisi birokrasi di daerah yang membuka peluang maraknya praktik ijon dan pemerasan. Pasalnya, kebijakan yang dilakukan di daerah justru menghambat kegiatan yang dilakukan pengusaha untuk mengembangkan perekonomian. “Perekonomian Indonesia seperti dikuasai ijon. Penguasa di daerah justru lebih suka mengeluarkan peraturan daerah (perda) yang hanya memeras pengusaha,” kata Ketua Umum Apindo Sofjan Wanandi saat se minar Krisis Keuangan dan Pangan: Peluang atau Ancaman, di Jakarta, kemarin. Misalnya, dari 23 ribu perda yang dikeluarkan, 5.000 perda dianggap mengganggu iklim usaha. Selain itu, penguasa di daerah lebih mementingkan penjualan aset ketimbang membangun infrastruktur. “Akibatnya industri kita benarbenar sulit bersaing. Padahal kami sudah minta perda itu dicabut karena mengganggu iklim usaha. Persoalannya yang berhak mencabut perda adalah presiden dan apakah presiden mau membaca itu semua,” ujarnya. Seharusnya, imbuh Sofjan,

KRISIS PANGAN: Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri berpidato dalam seminar nasional membahas krisis keuangan dan pangan, di Gedung DPR, kompleks parlemen, Jakarta, kemarin. MI/RAMDANI

di tengah ancaman krisis saat ini, industri dalam negeri harus diproteksi supaya tetap memiliki daya saing saat berhadapan dengan barang impor yang sudah mendapat kebijakan dumping dari negara pengirim yang kini membanjiri pasar dalam negeri. Senada dengan Sofjan, ekonom Hendri Saparini menyatakan dengan menyelamatkan sektor riil, Indonesia dapat terhindar dari krisis yang sedang bergejolak di Eropa dan Amerika Serikat. “Sektor finansial Indonesia

memang bergantung pada aliran modal luar negeri, padahal volume sektor ini relatif kecil. Kita harus menyelamatkan sektor riil, supaya terhindar dari krisis.” Akibat tidak peka terhadap sektor riil ini, imbuhnya, potensi krisis pangan terus menghantui setiap tahun. Pemerintah pun tidak memiliki kebijakan yang transparan dan akuntabel dalam manajemen stok pangan nasional. Menurutnya, bila data produksi beras versi pemerintah di kisaran 38 juta ton dan konsumsi dalam

negeri 33 juta ton itu akurat, tidak akan terjadi krisis pangan karena masih surplus 5 juta ton. Namun, ternyata Bulog tidak dapat menyerap 2,5 juta ton beras petani lantaran harga pasar melampaui harga pembelian pemerintah. Sementara menurut Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri ancaman krisis global dan krisis pangan tidak akan terjadi bila Indonesia memiliki kedaulatan di bidang politik, ekonomi, dan budaya. (Che/NG/T-3)

MINAT investor untuk menanamkan modal di wilayah ASEAN terus meningkat. Hal itu tecermin dari melonjaknya investasi hingga 100% pada kurun waktu 2009 hingga akhir 2010 lalu. Nilai investasi pada 2009 sebesar US$37,8 miliar, sedangkan pada 2010 mencapai US$70,8 miliar. “Investasi di negara-negara anggota ASEAN itu mayoritas digunakan untuk bidang industri. Hal ini sesuai dengan tujuan pembentukan komunitas ASEAN pada 2015,” ujar Wakil Tetap Republik Indonesia untuk ASEAN, Ngurah Swajaya, di sela penjelasan tentang kegiatan KTT ASEAN, di Denpasar, Bali, kemarin. Menurutnya, meski fokus meningkatkan investasi, anggota ASEAN juga akan berupaya menjaga stabilitas perekonomian dari krisis global dengan meningkatkan perdagangan ekspor-impor di antara sesama anggota. (Ant/T-3)

ANTARA/RENO ESNIR

KERJA SAMA KPR: Presiden Direktur Commonwealth Bank Indonesia Tony Costa (kiri) berbincang dengan Direktur Perbankan Bisnis dan Ritel Commonwealth Bank Indonesia Ian Whitehead (kanan) dan Direktur Ciputra Group Nanik Santoso seusai penandatanganan perjanjian kerja sama dalam menawarkan kredit pemilikan rumah (KPR) di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ditopang Asing, IHSG Sentuh lagi Level 3.700 INVESTOR asing kembali melirik Bursa Efek Indonesia (BEI). Masuknya investor asing tersebut telah mendorong indeks harga saham gabungan (IHSG) naik dalam empat hari berturutturut hingga kembali menembus level 3.700. Menurut analis pasar modal Edwin Sebayang, pelaku asing melakukan aksi beli saham terutama pada sektor perbankan dan properti sehingga harga naik dan mendorong indeks menguat. Animo tersebut, lanjutnya, selain didukung oleh penurunan suku bunga Bank Indonesia, juga oleh bursa global yang menguat. “Mereka memang menunggu momentum yang tepat untuk masuk lagi ke pasar modal Indonesia,” ujarnya di Jakarta, kemarin. Ia mengingatkan ada kemungkinan investor ritel melakukan aksi ambil untung setelah harga saham naik empat hari berturutturut. Secara terpisah, Direktur Penilaian Perusahaan BEI Eddy Sugito menilai dengan penurunan

BI rate, investor asing melihat Indonesia lebih percaya diri dalam menghadapi kondisi global yang masih dipenuhi sentimen negatif dari perlambatan ekonomi AS dan situasi Uni Eropa yang belum kondusif. Eddy pun berpendapat, dana asing masih akan masuk ke BEI meski suku bunga acuan turun. Hal itu terlihat dari dominasi broker asing pada transaksi beberapa hari terakhir. Namun, ia mengingatkan agar investor tetap mewaspadai pergerakan indeks saham global. Dalam transaksi kemarin, IHSG sempat menyentuh posisi 3.702,76 sebelum akhirnya ditutup di posisi 3.675,38 atau menguat 39,45 poin (1,08%) dari penutupan sehari sebelumnya. Sementara itu, mengikuti langkah BI, Lembaga Penjamin Simpanan menurunkan tingkat suku bunga wajar simpanan masyarakat di bank umum dan bank perkreditan rakyat yang berlaku mulai 15 Oktober 2011. (Ant/E-3)


18

E KONOMI NASIONAL

JUMAT, 14 OKTOBER 2011

Kepemilikan Asing di Properti Perlu Batasan Klausul kepemilikan properti oleh asing tidak dicantumkan dalam RUU Rumah Susun yang bakal disahkan sebentar lagi. BUNGA PERTIWI

I

SU kepemilikan properti untuk orang asing masih saja menjadi perdebatan di kalangan stakeholder industri properti dan perumahan di Tanah Air. Sebagian kalangan, terutama pengembang, berharap aturan soal kepemilikan asing dilonggarkan sehingga memancing ketertarikan asing membeli properti di Indonesia. Kehadiran asing diharapkan bisa lebih menggairahkan pasar properti yang kini didominasi pembeli dalam negeri. “Saat ini, pasar properti Indonesia boleh dikata masih mengandalkan 100% pembeli domestik. Kalau orang asing dapat memiliki properti di sini, pasar properti jadi lebih semarak,” ujar Chairman Jones Lang LaSalle Indonesia Lucy Rumantir di Jakarta, Rabu (12/10). Menurut dia, idealnya hak kepemilikan asing pada properti bisa diatur hingga 70-90 tahun. Saat ini, berdasarkan Peraturan Pemerintah 41/1996 tentang Pemilikan Rumah Tempat Tinggal atau Hunian oleh Orang Asing, asing hanya boleh memiliki satu unit rusun saja. Itu pun dengan status hak pakai selama

25 tahun dan dapat diperpanjang 25 tahun lagi. Di sisi lain, sebagian kalangan memperingatkan meski dapat meningkatkan devisa, kepemilikan asing pada properti di Indonesia mengandung risiko bubble dalam jangka panjang. “Jika melihat ekonomi di luar negeri saat ini, aset-aset di negara berkembang menjadi incaran investor asing. Termasuk juga properti kalau aturan sudah dibuka,” ujar pengamat properti Ali Tranghanda, kemarin.

MI/ RAMDANI

Suharso Monoarfa Menteri Perumahan Rakyat Untuk menghindari kemungkinan tersebut, ia menegaskan perlunya pengaturan yang jelas. Misalnya mengenai pemberlakuan batas luas lahan yang bisa dimiliki asing. “Kalau saya melihatnya pemerintah dan DPR belum menyadari perlunya pembatasan kepemilikan lahan asing.” Selain itu, kepemilikan asing ini bisa juga dijadikan momentum untuk mendorong penyediaan tempat tinggal bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Menurut Ali, para pengembang besar yang berniat mengembangkan hunian untuk asing perlu diwajibkan untuk menyisihkan sebagian lahannya

untuk membangun perumahan bagi MBR. Tidak sinkron Sebelumnya, kalangan pengembang mendesak agar pasal kepemilikan properti oleh asing masuk dalam Rancangan Undang-Undang Rumah Susun yang sempat alot dibahas pemerintah dengan DPR. Namun, dalam beleid akhir RUU yang bakal disahkan menjadi UU pada Rapat Paripurna DPR 18 Oktober itu, klausul kepemilikan asing akhirnya tidak dicantumkan. Menurut Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa, kalangan DPR menolak pasal itu karena berpotensi menimbulkan ketidaksinkronan dengan UU No 5/1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria. “Keterlibatan pihak asing baik dalam pembangunan ataupun kepemilikan properti bakal diatur secara khusus dalam peraturan pemerintah,” ujar Suharso seusai rapat kerja dengan Komisi V DPR, awal pekan ini. Ia menambahkan, jika kepemilikan orang asing terhadap properti di Indonesia diatur, pe nyerapan pasar properti akan menjadi lebih cepat. Pem bangunan hunian bagi MBR juga bisa terealisasi lebih cepat. “Indonesia sebenarnya sangat diuntungkan dengan kepemilikan asing pada properti. Tapi syaratnya, pengembang selain membangun properti untuk asing mesti membangun hunian untuk MBR.” (*/E-2) bunga@mediaindonesia.com

ANTARA/FIQMAN SUNANDAR

PERLUASAN DERMAGA: Sejumlah pekerja menyelesaikan pengerjaan perluasan dermaga di Pelabuhan Pantoloan, Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (12/10). Perluasan tersebut untuk menambah lebar 23 meter dan panjang 45 meter dari dermaga yang sebelumnya hanya memiliki lebar 17 meter dan panjang 315 meter sehingga akan menambah daya bongkar muat barang dan komoditas ekspor di pelabuhan tersebut.

DPR Usulkan Moratorium Anak Usaha BUMN KOMISI VI DPR mengusulkan adanya moratorium (penghentian sementara) pembentukan anak usaha badan usaha milik negara (BUMN) sampai dengan pembicaraan lebih lanjut DPR-pemerintah mengenai amendemen Undang-Undang No 19/2003 tentang BUMN. Kalangan anggota dewan mengaku khawatir dengan anak usaha BUMN, yang jika merujuk pada UU BUMN statusnya bukan merupakan BUMN. Dengan status bukan BUMN tersebut, anak usaha BUMN lolos dari pengawasan pemerintah secara langsung. Padahal, anak usaha merupakan bagian langsung BUMN

yang dibentuk dengan penyertaan langsung kekayaan negara. Tapi, yang terjadi selama ini pertanggungjawaban anak usaha BUMN diberikan kepada pemegang saham atau induk usaha. “Saya mempertanyakan pembagian wewenang pengawasan (di anak perusahaan). Saya enggak yakin kalau pengawasan dari dewan komisaris (induk usaha) saja,” ungkap anggota Komisi VI dari Fraksi PPP Iskandar Syaichu dalam rapat dengar pendapat Komisi VI DPR dengan Kementerian BUMN, kemarin. Karena itu, Iskandar mengu-

sulkan, jika perlu, dapat diambil sikap untuk menghentikan sementara pembuatan anak usaha BUMN. Usul itu didukung anggota Komisi VI dari Partai Demokrat yang juga eks Direktur Utama PT Indosat, Hari Kartana. Ia mengatakan perlu ada pertimbangan moratorium. Sebab, direksi perusahaan gemar membuat anak usaha untuk memperkaya diri. Pembentukan anak perusahaan ini, lanjut Hari, pada akhirnya juga sering memunculkan monopoli kegiatan usaha. “(Pembentukan anak usaha) supaya posisinya dari kita juga, memonopoli semua kegiatan

itu. Itu kan enggak baik sebetulnya. Inilah akhirnya carutmarut,” papar Hari. Deputi Bidang Infrastruktur dan Logistik Kementerian BUMN Sumaryanto Widayatin menyatakan tak setuju jika harus ada moratorium. Sebab, setiap BUMN punya kajian pembentukan anak usaha hingga pengambilalihan usaha swasta yang sudah direncanakan. “Mendirikan anak perusahaan ada kajiannya, apa yang untung apa yang rugi, apa yang perlu dibentuk. Jadi saya kira, kalau anak perusahaan, lebih banyak menguntungkan daripada yang nakal,” ujarnya. (GA/E-2)

DOK BNI

JALIN KERJA SAMA: Direktur Utama BNI Gatot Suwondo (kanan) bersama Editorial Manager of Oxford Business Group Josh Franken (kiri) dan Country Director of Oxford Business Group Maria Merono berbincang di Jakarta, kemarin. Oxford Business Group menjalin kerja sama dengan BNI untuk menghasilkan panduan ekonomi Indonesia 2012.

OBG dan BNI Susun Analisis Pasar Modal PERUSAHAAN publikasi, riset, dan konsultan terkemuka dunia, Oxford Business Group (OBG), menjalin kerja sama dengan PT BNI Tbk untuk menghasilkan panduan ekonomi Indonesia 2012. Dalam kemitraan pertama kali ini, BNI mengerahkan sumber-sumber daya ahli mereka bersama tim editorial dan riset OBG untuk menyusun bab pasar modal pada panduan yang berjudul The Report: Indonesia 2012. Panduan ekonomi kali ini menandai terbitan kelima OBG mengenai perkembangan ekonomi dan peluang investasi di Indonesia. Publikasi OBG akan memuat analisis saham utama dan penjelasan mendalam setiap sektor ekonomi untuk investor asing. Publikasi itu mencakup serangkaian wawancara dengan para pemimpin politik, ekonomi, dan bisnis terkemuka, termasuk Presiden Turki Abdullah Gul dan Sekretaris Jenderal ASEAN

Akan sangat penting bagi sektor perbankan untuk mengidentifikasi segmen industri yang menonjol di setiap daerah.” Gatot M Suwondo Direktur Utama BNI Surin Pitsuwan. Lebih lanjut Country Director OBG Maria Merono menyakini BNI akan memberikan dimensi lain dalam laporan baru OBG. BNI saat ini memiliki 1.500 cabang di seluruh Indonesia ditambah cabang-cabang di Singapura, Hong Kong, Tokyo, London, dan New York. Keterlibatan salah satu bank papan atas Indonesia tersebut diharapkan dapat mengeksplorasi peran kunci yang dimainkan sektor perbankan. Khususnya dalam pembiayaan proyek-proyek infrastruktur besar Indo-

nesia yang bertumpu pada reformasi dan inistiatif. Direktur Utama BNI Gatot M Suwondo mengharapkan laporan OBG melihat lebih saksama sektor industri Indonesia yang siap untuk pembangunan di Jawa dan di sejumlah provinsi lainnya. “Akan sangat penting bagi sektor perbankan untuk mengidentifikasi segmen industri yang menonjol di setiap daerah lima tahun ke depan,” ujar Gatot. Gatot meyakini laporan baru OBG akan berperan penting dalam menyampaikan kepada investor global visi jangka panjang Indonesia untuk pembangunan ekonomi dan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB). Maria mengatakan The Report: Indonesia 2012 akan menjadi panduan penting untuk berbagai aspek negara, termasuk makroekonomi, infrastruktur, perbankan, dan pembangunan sektoral lainnya. (RO/E-1)


C ORPORATE NEWS

JUMAT, 14 OKTOBER 2011

AP II Pacu Penyelesaian Lahan PT Angkasa Pura (AP) II tengah berupaya menyelesaikan sengketa lahan di sejumlah bandara yang sedang dikembangkan. Langkah yang akan ditempuh antara lain melalui jalur hukum. Hal itu disampaikan Direktur Utama AP II Tri Sunoko dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR di Jakarta, kemarin. Sebagaimana diketahui, saat ini pengembangan sejumlah bandara milik AP II terkendala masalah lahan. Seperti lahan di sekitar Bandara SoekarnoHatta yang diklaim oleh pihak lain. Untuk menyelesaikan hal itu, AP II telah melakukan gugatan ke Pengadilan Negeri Tangerang. Sengketa lainnya, lahan Bandara Sultan Syarif Kasim II,

Pekanbaru, digugat oleh Sultan Siak. Karena itu, AP II tengah membicarakannya dengan Badan Pertanahan Negara. AP II juga tengah menyelesaikan sengketa lahan untuk Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatra Utara. “Untuk kasus Bandara Kualanamu masih terdapat 34 kepala keluarga yang bertahan di eks fasilitas rumah dinas PT Perkebunan Nusantara (PTPN) II. Nanti akan dilakukan relokasi warga bekerja sama dengan PTPN II dan pemerintah daerah,” jelas Sunoko. Sementara itu, terkait dengan kinerja bandara milik AP II yang masih merugi, ia menjelaskan kerugian antara lain disebabkan masih tingginya beban penyusutan akibat penambahan alat produksi. “Misalnya di Bandara

Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sultan Iskandarmuda Banda Aceh, dan Bandara In ternasional Minangkabau Padang,” ungkapnya. Berbeda dengan ketiga bandara itu, Bandara Raja Haji Fi sabilillah Tanjung Pinang, Sultan Thaha Jambi, dan Depati Amir Pangkal Pinang merugi karena frekuensi penerbangan ke daerah tersebut masih rendah. Meski sebagian bandara masih merugi, untuk tahun buku 2011 ini AP II menargetkan kenaikan laba bersih. Perseroan berharap laba bersih akan naik tipis 2,9% ketimbang perolehan 2010 lalu. Pada 2010 lalu, laba bersih perseroan hanya Rp1,04 triliun. Di akhir 2011, nilai laba bersih perseroan diharapkan mencapai Rp1,06 triliun. (GA/E-4)

Anak Usaha Adaro Akuisisi Servo ANAK usaha PT Adaro Energy Tbk, yakni PT Alam Tri Abadi, mengakuisisi 35% kepemilikan saham PT Servo Meda Sejahtera senilai Rp200 miliar yang sebelumnya dimiliki PT Servo Infrastruktur. “Investasi kami di Servo Meda merupakan bagian dari strategi kami untuk mengulangi kesuksesan bisnis model Adaro Indonesia di Kalimantan Selatan, seiring dengan langkah perusahaan untuk mengakuisisi dan mengembangkan aset tambang batu bara di Sumatra Selatan,” kata Presiden Direktur Adaro Energy, Garibaldi Thohir, dalam siaran persnya, kemarin. PT Servo Meda Sejahtera perusahaan penyedia pelayanan logistik batu bara yang terintegra-

si di Sumatra Selatan. Melalui anak usaha mereka, perseroan memiliki jalan khusus batu bara di Sumatra Selatan yang memberikan layanan pengangkutan batu bara. Anak usaha lainnya memiliki pelabuhan khusus untuk pengangkutan batu bara di pantai sebelah timur Sumatra Selatan. Ia mengemukakan transaksi itu membawa Adaro Energy selangkah lebih dekat untuk memiliki dan mengendalikan rantai pasokan batu bara yang terintegrasi secara vertikal di Sumatra Selatan. “Tujuan utama kami memberikan nilai tambah jangka panjang yang berkelanjutan dari batu bara Indonesia, mewujudkan Adaro Energy yang lebih besar dan lebih baik, serta pen-

capaian visi kami untuk menjadi kelompok perusahaan tambang dan energi Indonesia yang terkemuka,” ujarnya. Ia melanjutkan, penandatanganan akta jual beli dan pemindahan hak atas 35% itu telah dilakukan pada 10 Oktober 2011. Setelah transaksi itu, pemegang saham Servo Meda menjadi Servo Infrastruktur menguasai 50%, Alam Tri Abadi 35%, dan PT Bumi Alam Sejahtera 15%. Garibaldi mengatakan transaksi itu bukan merupakan transaksi material maupun transaksi yang mempunyai benturan kepentingan. “Transaksi ini dilakukan untuk mengembangkan kegiatan operasi logistik Adaro di bidang batu bara di Sumatra Selatan,” imbuhnya. (Ant/E-4)

19

Mandiri-Bank DKI Sokong Infrastruktur JORR Infrastruktur jalan yang dapat menopang percepatan arus barang dan jasa dibutuhkan. GAYATRI SUROYO

P

T Bank Mandiri Tbk dan PT Bank DKI mem fasilitasi kredit sindikasi senilai total Rp1,554 triliun bagi PT Marga Lingkar Jakarta--anak usaha PT Jasa Marga dan perusahaan daerah DKI Jakarta. Dana tersebut akan dipakai untuk membiayai proyek jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) ruas Kebon Jeruk–Ulujami sejauh 7,67 km. Penandatanganan kerja sama perjanjian kredit dilakukan Direktur Perbankan Korporat Bank Mandiri Fransisca Nelwan Mok, Direktur Pemasaran Bank DKI Mulyatno Wibowo, dan Direktur Utama MLJ Sonhaji Surahman. Turut menyaksikan ialah Direktur Utama Jasa Marga Frans Sunito dan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) A Gani Ghazaly A di Jakarta, kemarin. Dalam sindikasi tersebut, Bank Mandiri memimpin dengan fasilitas kredit Rp1,404 triliun dan Bank DKI Rp150 miliar. Kredit sindikasi itu diberikan untuk jangka waktu 15 tahun, termasuk empat tahun masa tenggang. “Ini bagian dari komitmen kami untuk dapat membantu memperkuat interkonektivitas di Ibu Kota melalui penambahan alternatif akses jalan bebas hambatan,” ungkap Fransisca seperti dikutip dari siaran persnya, kemarin.

MI/AGUS M

PROYEK JALAN TOL: Direktur Bank Mandiri Fransisca Nelwan Mok bertukar naskah kerja sama dengan Dirut PT Marga Lingkar Jakarta Sonhaji Surahman (kedua dari kiri) disaksikan Dirut Jasa Marga Frans Sunito (kiri) dan Direktur Bank DKI Mulyatno Wibowo (kanan) seusai penandatanganan kredit sindikasi senilai Rp1,5 triliun untuk pembiayaan proyek Tol Kebon Jeruk-Ulujami, di Jakarta, kemarin. Penguatan infrastruktur tersebut, lanjut Fransisca, diharapkan dapat memangkas biaya distribusi dan transportasi yang harus dialokasikan. Dengan demikian, MLJ dapat meningkatkan efisiensi usaha mereka. Dengan pembangunan ruas Kebon Jeruk-Ulujami, seluruh ruas JORR sepanjang 59,07 km akan terhubung. Dengan demikian, terdapat alternatif akses jalan antara bagian timur dan barat Jakarta, selain Tol Dalam Kota. “Menyadari signifikannya ketersediaan infrastruktur jalan tol yang memadai bagi peningkatan bisnis nasabah Bank Mandiri, perseroan juga telah membiayai pembangunan ruas jalan tol di beberapa wilayah di Tanah Air,” imbuh Fransisca. Hingga September 2011, Bank Mandiri telah memfasilitasi

pembiayaan proyek infrastruktur jalan tol senilai Rp9,6 triliun. Sebesar Rp1,8 triliun merupakan pembiayaan bilateral dan Rp7,8 triliun kredit sindikasi. Proyek yang dibiayai merupakan proyek PT Jakarta Lingkar Baratsatu di ruas tol Kebon Jeruk-Penjaringan, proyek PT Translingkar Kita Jaya di ruas tol Cinere-Jagorawi, proyek PT Marga Sarana Jabar di ruas tol Bogor Ringroad, dan proyek PT Trans Marga Jateng di ruas tol Semarang-Solo. Pemain utama Di sisi lain, Direktur Pemasaran Bank DKI Mulyatno Wibowo mengatakan pemberian kredit itu didasari pertimbangan bahwa Jasa Marga merupakan pemain utama di industri jalan tol di Indonesia. Jasa Marga dan anak usaha mereka menguasai

pangsa pasar 72%-73%. Di MLJ, kepemilikan saham Jasa Marga mencapai 55%. Ia menambahkan, kebutuhan jalan tol akan terus meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi. Karena itu, dibutuhkan infrastruktur jalan yang dapat menopang percepatan arus barang dan jasa. “Selama 30 tahun, jalan tol di Indonesia baru mencapai 700 km. Sangat jauh ketimbang Malaysia yang sudah mencapai 6.000 km,” urainya. Selain gencar menyalurkan kredit komersial di sektor pembangunan infrastruktur, yaitu jalan tol dan pembangkit listrik, Bank DKI terus memasuki berbagai segmen industri pilihan, seperti industri petrokimia dan biodiesel. (E-3) gayatri@mediaindonesia.com

SEKILAS INFO Pupuk Kaltim Produksi Pupuk Bersubsidi

Es Teler 77 Resmikan Menara Top Food

ANTARA/AUDY ALWI

DOK: ES TELER 77

DIRUT PT Pupuk Kalimantan Timur Aas Asikin (kanan) bersama Ketua Panja Pupuk Komisi IV DPR Herman Khaeron (kedua dari kanan), Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian Sumardjo Gatot Irianto, dan Dirut PT Pusri (Persero) Arifin Tasrif (kiri) menandatangani kantong pupuk urea bersubsidi berwarna produksi PT Pupuk Kaltim, di Bontang, Kalimantan Timur, kemarin. PT Pupuk Kaltim mulai memproduksi pupuk urea berwarna jambon (pink) sesuai dengan rekomendasi Panja Pupuk Komisi IV DPR dan perusahaan holding pupuk PT Pusri, untuk membedakan pupuk bersubsidi dan nonsubsidi dengan tidak mengubah kualitas kandungan urea dalam pupuk dan aman bagi tanaman dan lingkungan. PT Pupuk Kalimantan Timur menyiapkan 10 ribu ton pupuk urea bersubsidi untuk dibagikan ke seluruh wilayah di Provinsi Kalimantan Selatan. (Sas/E-4)

BEBERAPA karyawan mendapat pelatihan di Pusat pelatihan Es Teler 77 di Menara Top Food Tangerang, Banten, Rabu (12/10). Es Teler 77 terus berupaya menyajikan produk dan layanan terbaik kepada pelanggan dengan meresmikan Menara Top Food. Menara Top Food akan berfungsi sebagai pusat kendali operasional terpadu dan pusat pelatihan pengembangan sumber daya manusia (SDM). Kantor pusat di Menara Top Food mengakomodasi kebutuhan mengelola 180 gerai dan lebih dari 1.500 karyawan yang ada di seluruh Indonesia serta di Singapura, Australia, dan Malaysia. Seluruh karyawan akan dibekali pengetahuan dan keterampilan memasak dan higienitas, kemampuan manajemen, pelayanan pelanggan, pengembangan kepribadian (komunikasi, kerja sama tim, kepemimpinan) hingga kemampuan untuk beradaptasi menanggapi perubahan. (Sas/E-4)


20

O PINI

JUMAT, 14 OKTOBER 2011

Pascaputusan Komite Etik

K

Dekonstruksi Imunitas Yuridis

OMITE Etik KPK ternyata tidak bulat memutuskan bahwa seluruh elemen KPK benar-benar mutlak bersih. Ada di antara mereka yang diduga berpenyakit meski oleh komite dikategorikan ringan. Putusan yang dijatuhkan komite merupakan ‘produk moral’, bukan produk yuridis, sehingga langkah yuridis oleh kepolisian atau kejaksaan untuk menindaklanjuti,tetap wajib dilakukan. Kalau itu diserahkan semata kepada KPK, slogan ‘jeruk minum jeruk’ boleh jadi menodai KPK. Dalam prinsip egalitarianisme yang digariskan konstitusi sudah disebutkan, siapa pun yang ditengarai, diindikasikan, atau ada petunjuk terlibat dalam perkara korupsi atau penyalahgunaan kekuasaan, meski yang diduga itu merupakan elemen lembaga penanggulangan korupsi semacam KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), secara hukum hal itu tetap wajib dipertanggungjawabkan, atau perlu investigasi lebih lanjut. KPK bukan lembaga yang punya kartu imunitas. Sebaliknya, secara de jure mereka lembaga yang layak dikontrol dan rentan, tidak boleh dibiarkan punya hak privilese, atau layak mendapat praduga sebagai institusi paling bersih yang tidak mungkin ternoda atau tergoda oleh limbah korupsi. Mengapa demikian? Sejarah telah mengajarkan, sekurang-kurangnya sejak zaman Orde Baru lembaga-lembaga yang dibentuk pemerintah, misalnya yang mendapatkan amanat untuk mengawasi kinerja birokrasi dan aparat pe-

“K

EYAKINAN untuk mencapai kemakmuran bersama sebagai keniscayaan mengharuskan lahirnya suatu kesadaran kolektif bahwa pemikiran, kerja, kemauan, semangat, dan kehendak rakyat untuk keluar dari krisis dan untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik sebagai suatu keharusan, sebagai suatu nilai, dan sekaligus sebagai suatu ‘state of mind’.” Ungkapan Susilo Bambang Yudhoyono itu dikutip dari buku Revitalisasi Ekonomi Indonesia (Brighten Institute, 2003) yang dianggap sebagai platform politikekonomi SBY di masa lalu, yang bisa menjadi referensi untuk masa kini; dan mudah-mudahan juga ke depan. Dari platform itu, kita bisa membayangkan apa yang pada awalnya diangankan Presiden Yudhoyono untuk rakyat Indonesia. Untuk mewujudkannya, tentunya diperlukan pembantu-pembantu yang profesional dan mumpuni. Pengumuman reshuffle kabinet beberapa hari lagi mudahmudahan mencerminkan aspirasi tersebut. Namun, ada saja yang menyangsikan apakah reshuffle akan mampu mengatasi kemelut yang ada. Kepercayaan masyarakat seakan digilas oleh perilaku oknum-oknum yang membuat kehidupan bangsa menjadi gaduh dan mengacaukan program-program negara yang sedianya bertujuan me-

PARTISIPASI OPINI

negak hukum, ternyata tidak cukup tangguh dalam mengawasi perilaku birokrat dan aparat penegak hukum yang bermental kleptokrat. Kalau diposisikan secara riil, teroris sejati di negeri ini adalah para koruptor karena mereka penjahat kerah putih, atau istilah Edwind Sutherland pelaku white collar crime, yang punya kemampuan istimewa di bidang intelektual, pengolahan kekuasaan atau manajemen birokrasi, jaringan yang memadai, dan target-target yang jauh hari sudah dikalkulasikan secara sistemis (Tanuwijaya, 2009). Apa yang diperbuat koruptor bukan karena alasan kesulitan ekonomi, melainkan lebih dominan disebabkan keserakahan dalam mengumpulkan pundipundi kekayaan sebanyak-banyaknya tanpa mempertimbangkan dampaknya pada rakyat. Koruptor tidak mau tahu bahwa perbuatan itu mengakibatkan rakyat hidup sekarat, ekonomi bangsa karut-marut, daya beli rakyat menurun, merangsang booming kejahatan lain seperti bersemainya—meminjam kata Jeffri Winters—‘utang najis’ atau utang jahat (criminal debt), dan jatuhnya citra bangsa di mata negara-negara lain. Keistimewaan koruptor itulah yang membuat kekuatan lain yang berdiri di garis kebenaran dan keadilan serta pembelaan hak-hak rakyat sulit memberantasnya. Di satu sisi keinginan moral, politik, dan hukum untuk berjihad melawan koruptor begitu mencuat. Di sisi lain koruptor pun menyiapkan berbagai jurus yang bisa diandalkan untuk berkelit dan memenangi

Bambang Satriya Guru Besar Stikma, dosen luar biasa Universitas Ma Chung dan Unmer Malang pertarungan. Gejalanya belakangan ini, syahwat pemerintah untuk memerangi korupsi harus berhadapan dengan kepiawaian koruptor. Bahkan kepiawaian itu terasa lebih kuat atau ‘digdaya’ daripada kemampuan aparat. Ketika institusi peradilan itu kurang bergairah atau ‘lemah syahwat’ dalam menangani perkara korupsi, gugatan yang patut diajukan ialah ke mana institusi-institusi yang selama ini dibentuk atau mendeklarasikan diri mereka sebagai pengawas korupsi? Masihkah mereka ini menjalankan amanat sebagai lembaga pengawas korupsi, ataukah sebagai lembaga yang sedang atau telah terdistorsi oleh korupsi sehingga di dalam diri mereka juga melekat penyakit ‘lemah mental’? Kalau merasionalkan hal itu dari sudut kegagalan aparat penegak hukum dalam berjihad melawan korupsi, indikasinya menunjukkan bahwa lembaga pengawas selama ini masih belum cukup kapabel dalam mengkreasikan peran

yudisial mereka yang berbasiskan aspek yuridis, egalitarianisme, dan akuntabilitas. Aparat penegak hukum tentu akan terkondisikan untuk berkompetisi dalam menjaring koruptor secara transparan dan egaliter jika institusi pengawas mereka mampu menjalankan fungsi kontrol secara penuh. Pemerintah (negara) yang rela memboroskan dana demi membentuk berbagai lembaga peng-

awas, seperti komisi pengawas kejaksaan, komisi pengawas kepolisian, dan komisi pengawas kehakiman, merupakan bentuk ‘sindiran’ atau apresiasi kekecewaan, distorsi kredibilitas terhadap kinerja aparat penegak hukum dan lembagalembaga yang mendapatkan mandat sebagai pengawas dan pemberantas korupsi. SBY barangkali sudah mengevaluasi dan menyimpulkan bahwa lembaga pengawas yang selama ini diberi kepercayaan menangani korupsi belum maksimal ‘jemput bola’ dan hanya menunggu datangnya laporan kasus korupsi. Dengan dibentuknya beberapa lembaga seperti Satgas Antimafia, SBY membuat semacam lembaga pengawas tandingan yang ditargetkan bisa mempercepat laju penanganan korupsi di negeri ini. Memang dalam perjalanan KPK saja, misalnya, masih ada kesan kuat bahwa lembaga ini belum maksimal atau masih kerap dihadapkan pada stigma tebang pilih dalam

menangani sejumlah kasus yang diduga berdasarkan bukti permulaan layak dikategorikan p korupsi. Tidak sedikit kasus k korupsi yang bertipe ‘korupsi kelas macan’ yang tidak atau belum disentuh KPK. Semestinya KPK tidak perlu membedabedakan besar kecilnya kasus atau mengandung muatan politik tidak kasus tersebut karena mereka sudah disumpah untuk menjalankan profesi ini dengan prinsip jujur, adil, dan egaliter. Dalam kasus tersebut, kita layak memperhatikan apa yang diingatkan Albert Enstein, “Kejahatan terbesar bukanlah dilakukan oleh pelakunya, melainkan oleh kita yang mendiamkan kejahatan itu terjadi.” Artinya, meskipun SBY telah membentuk lembaga baru untuk mengawasi penanganan kasus korupsi, kita juga wajib memberdayakan kontrol, selalu membuka mata, dan memasang telinga terhadap kinerja lembaga baru ini dan kinerja lembagalembaga lama yang mengemban amanat menangani dan mengawasi jalannya sistem peradilan pidana kasus korupsi. Kalau peran itu tidak dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, kitalah yang layak menanggung dosa karena kita sama artinya dengan membuka kran bersemainya kasus korupsi di negeri ini. Dalam kasus korupsi di Indonesia ini, kita layak menjatuhkan sikap praduga lebih dulu terhadap setiap bentuk politik penanggulangan korupsi yang dilakukan pemerintah dan lembaga sekocinya. Sebab, apa yang pemerintah lakukan itu layaknya dokter yang sedang sakit yang berusaha menyem-

buhkan penyakitnya sendiri. Padahal kalau penyakitnya itu di dalam dan sedang menghegemoni dirinya, itu jelas berat sekali. Selain itu, hingga sekarang berbagai kasus korupsi besar masih belum jelas atau belum transparan politik penanggulangannya. Masyarakat hanya diseret untuk menyikapi kasus-kasus baru yang datang bergelombang dan usia aktualitasnya seumur jagung. Mereka terkondisikan agar lupa bahwa negeri ini sebenarnya berpenyakit sangat kronis dan laten di lini penyalahalamatan atau penyalahgunaan uang negara. Dalam tataran itu, jelas penanganan korupsi masih di kisaran ‘memanaskan’ target tertentu, sedangkan yang lainnya dibiarkan lenyap ditelan sejarah mencuatnya peristiwaperistiwa besar di Tanah Air. Penanganan demikian ini merupakan pelanggaran terhadap prinsip konstitusi equality before the law. Hukum masih digerakkan sebagai mesin yang memilih dan bukan kekuatan supremasi yang berbasiskan egalitarianisme. Hal itu tentu saja menjadi uji pembuktian yang harus ditunjukkan KPK dan institusi penegak hukum lainnya. Yang ditunggu oleh publik nantinya bukanlah kompromi hasil investigasi yang dilakukan setiap elemen penegak hukum, melainkan sikap independensi dan kejujuran mereka. Jika memang ada anggota KPK yang terindikasi bersalah atau melakukan tindak pidana, rule of the game wajib dijalankan secara terbuka dan objektif.

persoalan bangsa. Rakyat yang mengerti perlu tahu. Yang tidak mengerti perlu diberi tahu. Yang diperlukan ialah kebijakan yang berani, bijaksana, adil, santun, berwibawa, murah hati; yang mau dan mampu menanggapi aspirasi rakyat. Platform juga perlu mengindikasikan tokohtokoh mana atau macam apa yang diunggulkan dan apa solusi-solusi yang mereka tawarkan terhadap berbagai persoalan. Platform semacam itu idealnya beredar jauh sebelum pemilu. Dengan platform terperinci, rakyat akan tahu yang mana di antara partai-partai politik itu yang sekiranya bisa mengatasi problem penghidupan masyarakat dan bisa mengangkat mereka dari kesengsaraan dan rasa ketidakpastian. Dr Francis Fukuyama, lulusan Harvard, mengajukan tesis, “Bagi kesejahteraan sebuah bangsa, modal sosial dan tingkat saling percaya di antara warga nya sama penting dengan modal fisiknya. Kebaikan dan moralitas tidak merata di kalangan berbagai masyarakat. Setiap budaya nasional memiliki tingkat kepercayaan sosial (social trust) yang berbeda-beda, di luar lingkungan keluarga atau kerabat. Masyarakat Jepang dan Jerman, misalnya, yang memiliki kepercayaan sosial yang tinggi, cenderung lebih berhasil

dalam menciptakan kemakmuran bagi masyarakat.” (Trust: The Social Virtues & The Creation of Prosperity, 1995). Fukuyama selanjutnya menyatakan, walaupun setelah lama mencari, akhirnya diputuskan bahwa sistem yang terpilih adalah pemerintahan yang demokratis dan perekonomian terbuka, dengan beberapa sistem dalam koridor sama tampak lebih berkembang daripada yang lain-lain. Itulah yang membedakan pemerintahan-pemerintahan yang tampak berkembang. Adapun hal lainnya yang tampak menurun bukanlah kebebasan atau kapitalisme, melainkan nilainilai yang dianut. Nilai-nilai kemasyarakatan, kekeluargaan, dan moralitas tidak dengan sendirinya ada dalam demokrasi atau kapitalisme. Menurut dia, dalam ekonomi global, hanya masyarakat-masyarakat yang memiliki kepercayaan sosial yang tinggi yang mampu menciptakan kemakmuran. Setelah membaca tesis Fukuyama, menjadi imperatif untuk mengatasi jenis kemelut yang membuat gaduh masyarakat sekarang ini dengan pendekatan social trust. Kegaduhan akibat rusaknya nilai-nilai kemasyarakatan, kekeluargaan, dan moralitas akan menjauhkan kita dari kemakmuran dan kesejahteraan. Korupsi yang tidak terkendalilah yang pertamatama harus dibasmi.

Rasa Percaya Masyarakat nyejahterakan rakyat. Tidak semua peka dan peduli Rasa percaya terhadap jajaran pemimpin yang dilahirkan lembaga-lembaga politik yang dianggap pilar-pilar demokrasi adalah suatu keniscayaan. Namun, akhir-akhir ini terungkap banyak peristiwa yang mengikis rasa percaya dan harapan masyarakat. Hal tersebut merupakan persepsi yang ada pada segolongan yang mengerti setelah berbulan-bulan menyaksikan drama komedi politik yang dimainkan sejumlah politikus. Disebut segolongan yang mengerti karena, sejatinya, hanya sebagian kecil rakyat yang sepenuhnya mengerti. Bahkan dari yang mengerti itu pun masih ada yang sangsi; mungkin karena tidak percaya para pemimpin bisa berdusta. Mereka menafikan kemungkinankemungkinan yang nantinya bisa merugikan kita bersama. Hal itu benar-benar sesuai dengan pengamatan sejarawan Inggris Arnold Toynbee (18891975). Dia mengatakan bahwa kaum politisi memilih karier di bidang politik hingga menjadi profesional dalam hal membujuk elektorat untuk memilih mereka; baik untuk berkuasa maupun untuk tetap dalam kekuasaan. Mayoritas rakyat kita memang gampang dibujuk. Terlebih

mayoritas konstituen terdiri dari mereka yang berpendidikan menengah ke bawah, yang tidak berpikir muluk-muluk karena terlalu sibuk dengan urusan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mereka tidak menjangkau pergumulan pemikiran tentang ideologi sosial-politik ataupun ekonomi. Dari sekitar 165 juta tenaga kerja, lebih dari separuhnya berpendidikan SD, sekitar 70 juta berpendidikan menengah, dan hanya 10 juta berpendidikan tinggi. Bahkan kalangan 10 juta lapisan terdidik paling atas pun tidak semuanya peka atau peduli mengenai urusan politik, walaupun mengikuti perkembangannya. Mereka menjadi peduli bila ada halhal yang langsung menyangkut kepentingan mereka. Kehidupan modern menuntut mereka bersikap pragmatis. Fakta lain yang menimbulkan distorsi dalam kemurnian dan/atau kejujuran pilihan konstituen ditentukan oleh tingkat penghidupan mereka. Kemiskinan mendera sekitar separuh penduduk Indonesia, bila kita mengukurnya dengan tolok ukur Bank Dunia, yakni yang berpenghasilan kurang dari US$2 per orang per hari dianggap miskin. Menurut tolok ukur kita, jumlah kaum melarat sekarang mencapai sekitar 13% atau 32 juta orang.

atau bahkan jauh sebelumnya, sebab mayoritas pemilih menghendaki jawaban untuk kebutuhan ‘instan’. Terjadi jual beli suara pada semua tingkat.

DOK PRIBADI

Toeti Adhitama Anggota Dewan Redaksi Media Group

Kegaduhan akibat rusaknya nilai-nilai kemasyarakatan, kekeluargaan, dan moralitas akan menjauhkan kita dari kemakmuran dan kesejahteraan.” Dari 220 juta rakyat miskin dunia, Indonesia dianggap salah satu negara yang paling banyak menampung orang miskin. Dalam situasi seperti itu, dapat dipastikan money politics akan merajalela di seputar pemilu

Retrospeksi, introspeksi, dan inspeksi Tiap warga memang sebaiknya memilih sistem politik, sosial, dan ekonomi sesuai dengan kepribadian bangsa. Artinya, sesuai dengan tingkat pendidikan, tingkat ekonomi, tingkat sosial, dan posisinya di kalangan masyarakat internasional. Rasanya janggal kalau kita mengikuti sistem dan cara hidup yang berlaku di negara maju, sedangkan mayoritas penduduk hanya mampu menjadi penonton. Perlu diadakan survei untuk mengetahui berapa banyak penduduk kita yang benar-benar mampu mengikuti cara hidup dan jalan pikiran orang-orang di negara maju. Juga perlu diteliti apa yang diinginkan kaum buruh dan tani yang hidup dan bekerja secara tradisional. Berapa jumlah mereka? Dari jawaban mereka dapat diperkirakan apa kekurangan dan kelebihan masyarakat kita secara umum. Sudah saatnya partai-partai politik menyusun secara terperinci platform dan programprogram macam apa yang diperlukan untuk mengatasi

Kirimkan ke email: opini@mediaindonesia.com atau opinimi@yahoo.com atau fax: (021) 5812105, (Maksimal 7.100 karakter tanpa spasi. Sertakan nama. alamat lengkap, nomor telepon dan foto kopi KTP).

Pendiri: Drs. H. Teuku Yousli Syah MSi (Alm) Direktur Utama: Rahni Lowhur-Schad Direktur Pemberitaan: Saur M. Hutabarat Direktur Pengembangan Bisnis: Alexander Stefanus Dewan Redaksi Media Group: Elman Saragih (Ketua), Ana Widjaya, Andy F.Noya, Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Djafar H. Assegaff, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Saur M. Hutabarat, Sugeng Suparwoto, Suryopratomo, Toeti Adhitama Redaktur Senior: Elman Saragih, Laurens Tato, Saur M. Hutabarat Deputi Direktur Pemberitaan: Usman Kansong Kepala Divisi Pemberitaan: Kleden Suban Kepala Divisi Content Enrichment: Gaudensius Suhardi Deputi Kepala Divisi Pemberitaan: Abdul Kohar Sekretaris Redaksi: Teguh Nirwahyudi Asisten Kepala Divisi Pemberitaan: Ade Alawi, Fitriana Siregar, Haryo Prasetyo, Ono Sarwono, Rosmery C.Sihombing Asisten Kepala Divisi Foto: Hariyanto

Redaktur: Agus Mulyawan, Anton Kustedja, Cri Qanon Ria Dewi, Eko Rahmawanto, Eko Suprihatno, Hapsoro Poetro, Henri Salomo Siagian, Ida Farida, Jaka Budisantosa, Mathias S. Brahmana, Mochamad Anwar Surahman, Sadyo Kristiarto, Santhy M. Sibarani, Soelistijono Staf Redaksi: Adam Dwi Putra, Agung Wibowo, Ahmad Maulana, Ahmad Punto, Akhmad Mustain, Amalia Susanti, Andreas Timothy, Aries Wijaksena, Aryo Bhawono, Asep Toha, Basuki Eka Purnama, Bintang Krisanti, Christina Natalia S, Cornelius Eko, David Tobing, Denny Parsaulian Sinaga, Deri Dahuri, Dian Palupi, Dinny Mutiah, Dwi Tupani Gunarwati, Edwin Tirani, Edy Asrina Putra, Emir Chairullah, Eni Kartinah, Eri Anugerah, Fardiansah Noor, Fidel Ali Permana, Gino F. Hadi, Heru Prihmantoro, Heryadi, Ignatius Santirta, Iis Zatnika, Irana Shalindra, Irvan Sihombing, Iwan Kurniawan, Jajang Sumantri, Jerome Eugene W, Jonggi Pangihutan M., K. Wisnubroto, M. Soleh, Mirza Andreas, Mohamad Irfan, Muhamad Fauzi, Nurulia Juwita, Panca Syurkani, Raja Suhud V.H.M, Ramdani, Ratna Nuraini, Rommy Pujianto, Selamat Saragih, Sidik Pramono, Siswantini Suryandari, Sitriah Hamid, Sugeng Sumariyadi, Sulaiman Basri, Sumaryanto, Susanto, Syarief Oebaidillah, Thalatie Yani, Tutus Subronto, Usman Iskandar, Wendy Mehari, Windy Dyah Indriantari, Zubaedah Hanum Biro Redaksi: Dede Susianti (Bogor) Eriez M. Rizal (Bandung); Kisar Rajagukguk (Depok); Firman Saragih (Karawang); Yusuf

Riaman (NTB); Baharman (Palembang); Parulian Manulang (Padang); Haryanto (Semarang); Widjajadi (Solo); Faishol Taselan (Surabaya) MICOM Asisten Kepala Divisi: Tjahyo Utomo, Victor J.P. Nababan Redaktur: Agus Triwibowo, Asnawi Khaddaf, Patna Budi Utami, Widhoroso Staf Redaksi: Heni Rahayu, Hillarius U. Gani, Nurtjahyadi, Prita Daneswari, Retno Hemawati, Rina Garmina, Rita Ayuningtyas, Yulia Permata Sari, Wisnu Arto Subari Staf: Abadi Surono, Abdul Salam, Budi Haryanto, Charles Silaban, M. Syaifullah, Panji Arimurti, Rani Nuraini, Ricky Julian, Vicky Gustiawan, Widjokongko DIVISI TABLOID, MAJALAH, DAN BUKU (PUBLISHING) Asisten Kepala Divisi: Gantyo Koespradono, Jessica Huwae Redaktur: Agus Wahyu Kristianto, Lintang Rowe, Regina Panontongan Staf Redaksi: Adeste Adipriyanti, Arya Wardhana, Handi Andrian, Nia Novelia, Rahma Wulandari CONTENT ENRICHMENT Asisten Kepala Divisi: Yohanes S. Widada Periset: Heru Prasetyo (Redaktur), Desi Yasmini S

Bahasa: Dony Tjiptonugroho (Redaktur), Aam Firdaus, Adang Iskandar, Mahmudi, Ni Nyoman Dwi Astarini, Riko Alfonso, Suprianto ARTISTIK Redaktur: Annette Natalia, Donatus Ola Pereda, Gatot Purnomo, Marjuki, Prayogi, Ruddy Pata Areadi Staf Redaksi: Ali Firdaus, Ananto Prabowo, Andi Nursandi, Aria Mada, Bayu Wicaksono, Budi Setyo Widodo, Dharma Soleh, Endang Mawardi, Fredy Wijaya, Gugun Permana, Hari Syahriar, Haris Imron Armani, Haryadi, Lisa Saputra, Marionsandez G, M. Rusli, Muhamad Nasir, Muhamad Yunus, Nana Sutisna, Novi Hernando, Nurkania Ismono, Permana, Putra Adji, Tutik Sunarsih, Warta Santosi Olah Foto: Saut Budiman Marpaung, Sutarman. PENGEMBANGAN BISNIS Kepala Divisi Marketing Communication: Fitriana Saiful Bachri Kepala Divisi Marketing Support & Publishing: Andreas Sujiyono Asisten Kepala Divisi Iklan: Gustaf Bernhard R Perwakilan Bandung: Arief Ibnu (022) 4210500; Medan: Joseph (061) 4514945; Surabaya: Tri Febrianto (031) 5667359; Semarang: Desijhon (024) 7461524; Yogyakarta: Andi Yudhanto (0274) 523167; Palembang: Andi Hendriansyah, Ferry Mussanto (0711) 317526, Pekanbaru: Bambang Irianto 081351738384.

Telepon/Fax Layanan Pembaca: (021) 5821303, Telepon/ Fax Iklan: (021) 5812107, 5812113, Telepon Sirkulasi: (021) 5812095, Telepon Distribusi: (021) 5812077, Telepon Percetakan: (021) 5812086, Harga Langganan: Rp67.000 per bulan (Jabodetabek), di luar P. Jawa + ongkos kirim, No. Rekening Bank: a.n. PT Citra Media Nusa Purnama Bank Mandiri - Cab. Taman Kebon Jeruk: 117-009-500-9098; BCA - Cab. Sudirman: 035-306-5014, Diterbitkan oleh: PT Citra Media Nusa Purnama, Jakarta, Alamat Redaksi/Tata Usaha/Iklan/Sirkulasi: Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat - 11520, Telepon: (021) 5812088 (Hunting), Fax: (021) 5812102, 5812105 (Redaksi) e-mail: redaksi@mediaindonesia.com, Percetakan: Media Indonesia, Jakarta, ISSN: 0215-4935, Website: www.mediaindonesia.com, DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK, WARTAWAN MEDIA INDONESIA DILENGKAPI KARTU PERS DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA ATAU MEMINTA IMBALAN DENGAN ALASAN APA PUN


B EDAH EDITORIAL

JUMAT, 14 OKTOBER 2011

EDITORIAL

21

Editorial @

13 Oktober 2011

Mudah-mudahan bukan Sandiwara

Tiga Panggung Andi Nurpati

A

NDI Nurpati, yang nekat hengkang dari komisioner Komisi Pemilihan Umum sembari melabrak undangundang, telah tampil dalam tiga panggung ‘pengadilan’. Pengadilan atas petinggi Partai Demokrat itu masih berkutat pada pertanyaan yang tidak terjawab tentang konstruksi dan logika di seputar fakta pemalsuan surat putusan Mahkamah Konstitusi. Panggung pertama dan utama yang mengaburkan konstruksi fakta dan logika sehat publik ialah panggung di ranah kepolisian. Di panggung itu, Andi Nurpati dibela dengan segala cara supaya tidak bersalah. Padahal di panggung Panja DPR, panggung kedua, dengan pertanyaan yang sebagian besar sama dengan pertanyaan di kepolisian, ada keyakinan yang sangat besar bahwa Andi Nurpati berperan besar dalam proses pemalsuan.

MUDAH-MUDAHAN semua bukanlah hanya sebuah panggung sandiwara. Mudah-mudahan, ini harapan rakyat. Djoko Dwi Noegroho

Panggung ketiga bagi Nurpati terjadi dalam talk show sebuah televisi swasta. Itulah panggung heterogen yang berisi

SENO

Ganti Kapolri BEGINI kalo Kapolri ‘diorbitkan’ Presiden, sudah pasti ia takut dan tunduk pada kekuasaan sekalipun harus mengorbankan kebenaran dan kejujuran. Mau tuntas kasus sepele seperti Andi Nurpati, ya, ganti Kapolri saja. Jejak buruknya sangat jelas, semestinya ia bertanggung jawab atas kasus Trisakti dan Semanggi, kok bisa jadi petinggi Polri? Chairul Ihsan

Zaman Jahiliah Kembali APABILA kejujuran dan hukum telah tersandera oleh kepentingan politik sesaat, beginilah nasib bangsa sekarang.... Andi Nurpati secara etika dan moralitas sudah dibuat malu dan ditelanjangi di DPR, tapi dia tetap kekeuh dan kuat mental. Ada siapa di balik si Andi Nurpati??? Mari

orang-orang pintar dari berbagai bidang ilmu dan bidang kerja. Di panggung itu pun Andi Nurpati sulit berkelit dari konstruksi logika dan fakta keterlibatannya. Namun, Andi Nurpati confident. Ketenangan N u r p a t i mendapat peneguhan dari wakil polisi yang hadir bahwa polisi tidak wajib mengikuti seluruh logika dan konstruksi yang terjadi di dua panggung lainnya. Penegasan wakil polisi itu sekaligus menjadi kesimpulan bahwa pikiran dan nurani keadilan publik tidak

kita tonton terus dengan saksama Efek Domino ending-nya kayak apa masalah yang LUAR biasa Indonesia, sudah dapat satu ini.... dipastikan kalau sampai Anton F Hidayat Andi Nurpati dinyatakan Kirimkan tanggapan bersalah, hasil pilpres dan komentar Anda Salah Siapa? yang lalu bisa dinyatakan melalui: batal demi hukum. Itu SALAH siapa pilih Pak SMS INTERAKTIF yang dikhawatirkan, costSBY jadi kepala negara/ 0811140772 nya terlalu mahal brur! pemerintahan kita. BeH Abdul Rohim liau ragu, semua jadi Senin-Sabtu, 07.05 WIB ragu. Enggak ngapadi Metro TV Best Acting ngapain juga enggak ONLINE ngapa, maka semuanya ANDA layak diganjar piala mediaindonesia.com enggak ngapa-ngapain. Citra sebagai artis terbaik, Kita tunggu sampai melihat akting Anda yang FACEBOOK 2014 aja, jangan milih mampu menghipnosis Harian Umum presiden yang kayak para petinggi di negeri Media Indonesia gini deh. Titel, gelar, ini.... Walau kami muak dan pangkat boleh bedengan kemunafikan, tapi jibun, tapi kalau sekadar wacana apa kami harus menjadi bagian dari kemumanfaatnya? nafikan di negeri ini.... Selamat!!! Entus Tuslichah Erost Ferdiansyah

menjadi patokan polisi dalam menegakkan hukum. Di sinilah problem kemerosotan kredibilitas lembaga-lembaga negara, terutama lembaga hukum. Logika hukum, yang bisa dibolak-balik sesuka hati, ditempatkan di ruang hampa tanpa koneksitas dengan kehidupan lainnya. Hukum di Indonesia hanya bengis kepada pelaku kroco, tapi ramah kepada aktor intelektual. Pemalsuan putusan MK tidak bisa dieliminasi hanya terbatas pada lokus MK. Harus ada tersangka dari kalangan KPU, entah itu Andi Nurpati atau siapa pun. Lalu Masyhuri harus jujur mengungkapkan apa motivasi dia memalsukan putusan MK. Demi duit? Atau yang lain? Dua panggung Andi Nurpati, minus panggung polisi, telah gamblang mengarah ke Andi Nurpati. Yang kurang ialah kejujuran saja.

Pemain Berbakat BERARTI dia pemain sandiwara yang berbakat sampai bermain di tiga panggung. Enggak siasia Demokrat merekrutnya. Indjee Noeckoa

Partai Penguasa JIKA Andi Nurpati masih di bawah naungan partai penguasa, jangan pernah berharap kasus ini bisa selesai dan kelar. Roni Sianipar

Ciptaan Sutradara DI tiga panggung ini hukum dan keadilan dibunuh karena alur cerita yang diciptakan sang sutradara memang mengharuskan seperti itu. Yohanes Enzelin Milanisti

Menjual Kejujuran KEJUJURAN pada akhirnya harus dijual dengan harga tinggi, tidak lagi menjadi sesuatu yang keluar dari hati nurani yang suatu saat menjadi barang komoditas, bisa dibarter tidak lagi dengan uang, tetapi dengan harga diri! Ckckckckckck.... Ririn S’Lestari

Pura-Pura Bodoh KUNCI segala masalah ada di polisi. Jika polisi tidak pura-pura bodoh dan mencari-cari alasan, sudah terang benderang Andi Nurpati tokoh intelektualnya. Seret Andi Nurpati ke meja hijau. Priyo Fadel

Akting AKTING tidak bersalahnya pasti diajari sebagai sosok yang polos dengan mimik tidak berdosanya, sekalian aja ikut audisi main sinetron. Dijamin, Ibu akan jadi idola baru. Altinho Internisti Soares

Skenario Tingkat Tinggi ANAS URBANINGRUM mantan anggota KPU, Andi Nurpati mantan anggota KPU. Sepertinya ada skenario menuju RI 1 tahun 2014. Nazarudin Tambunan

Capai Jadi Tokoh Utama UTAG-UTUQ di panggung ntar capek, ya, yang jadi peran tokoh utama? Za’en Udin

Bikin Nominasi HARUSNYA negara dalam hal ini pemerintah bikin penghargaan dan nominasi supaya rakyat bisa menilai apakah wakil rakyat pantas duduk di atas. Renggareng

Belajar Budi Pekerti ANDI Nurpati harus belajar lagi budi pekerti dan bentuk moralitas bangsa Indonesia. Mikhael Malau

Tidak Punya Keberanian PENEGAKAN hukum ibarat mendirikan benang basah kalau aparatnya sendiri tidak mau dan tidak punya keberanian mencari kebenaran. Kasus Andi Nurpati sebenarnya tidak susah untuk diusut tuntas. +62813526799xxx KRITIK boleh-boleh saja. Tapi, selama hidung menghadap ke bawah, kasih dong solusi

FORUM

yang jitu. +6285739780xxx KASUS-KASUS besar yang terjadi, seperti kasus surat palsu MK yang melibatkan Andi Nurpati, kasus Gayus Tambunan, Century, BLBI, semuanya kan di ketiak SBY. +628562668xxx JELAS, Andi Nurpati dilindungi SBY atas jasanya kepada

Partai Demokrat dalam Pemilihan Umum 2009. +6285790333xxx MORAL para pejabat publik sudah berada di titik terendah, selalu mengelak dituduh korupsi, sudah dibui pun tetap enggan mengakui. Padahal, fakta persidangan membuktikan Andi Nurpati bersalah. +62817888333xxx

Kirimkan keluhan dan komentar Anda tentang pelayanan publik ke e-mail: forum@mediaindonesia.com

ANDI Nurpati jelas punya kartu truf. Itu sebabnya, dia dilindungi oleh Partai Demokrat dan penguasa sekarang. Bila dia dipenjara, kasus besar lainnya bakal terbongkar. +6285671025xxx ITULAH hukum di Indonesia, bisa dibeli dan dibelok-belokkan oleh yang namanya duit, kekuasaan, dan kongkalikong para elite.

Sukses Jalankan Instruksi Makanya, penegakan hukum terus terseok-seok. +62812555223xxx APARAT penegak hukum terbukti tak punya nyali mengusut kasus yang melibatkan orang-orang besar seperti Andi Nurpati. Mereka hanya berani kepada orang-orang kecil yang maling ayam. Runyam! +6281127899xxx

P

nomor 8161. Namun, kenyataannya sangat disayangkan layanan PT Pos Indonesia ini mengecewakan sekali. Saya telah berkali-kali mengirimkan SMS ke nomor 8161, tapi selalu mendapat jawaban ‘maaf layanan ini sedang

sibuk. Silakan dicoba kembali beberapa saat lagi’. Setiap kali pengiriman SMS, pulsa saya langsung dipotong oleh PT Pos Indonesia. Melalui media ini, saya mohon penjelasan dari PT Pos Indonesia apakah pelayanan 8161 benar-benar ada atau

hanya cara meraup pulsa saja dari konsumen? Harus berapa kalikah SMS ke 8161 baru mendapat pelayanan yang layak? Apakah hal ini termasuk yang lagi ramai dibicarakan tentang penyedot pulsa pelanggan? Kepada pemakai jasa PT Pos

Indonesia, waspadalah, jangan ada lagi yang dirugikan! Irmal Idris Kompleks Diknas Blok C-24 Jl Cendrawasih Ciputat 15411 irmal_ompin@yahoo.com

Hati-Hati Kredit Motor di Oto Finance

K

EJADIAN ini saya alami pada Desember 2010. Waktu itu saya kredit motor dengan nomor kontrak 200440906424 atas nama istri, DY, dan waktu itu saya kena musibah yaitu motor saya hilang di dalam rumah. Setelah kejadian, hari itu juga saya langsung lapor ke kantor Oto Depok dan kantor Polisi Sektor Cileungsi, Bogor. Saat lapor ke kantor Oto Cabang Depok waktu itu, saya diterima oleh Saudara Fajar, kemudian saya menceritakan kronologi kejadian dan membawa surat kehilangan dari kantor polisi.

Alangkah terkejutnya saya mendengar informasi dari Saudara Fajar bahwa klaim asuransi kehilangan motor saya ditolak dengan alasan karena waktu motor hilang posisi kunci masih nyantel di motor! Walaupun, posisi motor waktu hilang di dalam rumah dan pintu rumah terkunci! Waktu itu saya protes kenapa klaim saya ditolak dan saya harus terus membayar cicilan per bulannya sampai motor lunas (sudah jatuh tertimpa tangga). Tapi pihak Oto ngotot saya harus terus membayar angsuran sampai lunas, dan waktu itu saya menolak!

Polisi Bertekuk Lutut ANDI Nurpati yang sakti... membuat polisi bertekuk lutut tanpa bisa berbuat apa-apa.... Herry Noer

Kirimkan komentar Anda atas tema Tol Macet Terus, Tarif Naik Terus (periode 10 - 15 Oktober 2011) ke: opini publik di mediaindonesia.com

PT Pos Indonesia, Apa Gunanya SMS ke 8161? T Pos Indonesia katannya memfasilitasi konsumennya melakukan pelacakan kiriman paket untuk ekspres, kilat khusus, dan kiriman biasa dengan cara mengetik IPOS spasi dan nomor tanda terima kiriman (resi) kirim melalui SMS ke

ANDI Nurpati top dah, tiga panggung dilewati dengan sukses menjalankan instruksi sutradara. Andi Nurpati ratu panggung pengadilan. Senson Poetra Soeloeng

Sampai hari ini tidak ada tagihan maupun kolektor yang datang ke rumah untuk menagih sisa angsuran motor saya.

atas nama istri saya ini, karena saya sangat dirugikan dengan masalah ini! Tanggapan dari pihak Oto Depok bahwa saya

Saya sudah berusaha menghubungi pihak Oto Depok dan mengirimkan e-mail komplain ke website Oto Finance, tapi tidak ada tanggapan yang memuaskan.” Tapi anehnya kemudian pada September 2011, saya dapat informasi dari bank pemberi KPR atas nama istri saya, bahwa atas nama DY ada BI cheking di Oto Finance. Kemudian saya melapor ke Oto Depok masalah BI cheking

harus masih melunasi sisa cicilan motor karena saya dianggap terlambat menyerahkan dokumen kehilangan ke Oto. Anehnya pihak Oto selalu mencari-cari alasan agar klaim asuransi kehilangan motor saya

tidak dibayar! Dulu mereka bilang bahwa klaim asuransi saya ditolak karena kunci motor masih nyantel di motor, tapi sekarang alasan keterlambatan penyerahan dokumen kehilangan. Saya sudah berusaha menghubungi pihak Oto Depok dan mengirimkan e-mail komplain ke website Oto Finance, tapi tidak ada tanggapan yang memuaskan. Joko P Jl Raya Condet Gang Hajaraimah No 2B Condet jokop28@yahoo.co.id

Tas Koper Hilang Bagaimana Maskapai?

P

ADA 29 September 2011 dengan nomor tiket 9902168736674, saya melakukan perjalanan bisnis ke Singapura dengan Lion Air nomor penerbangan JT 150 737-900ER. Setibanya di Singapura, ketika mau mengambil tas koper (besar) saya dengan nomor bagasi JT370818, ternyata tas itu tidak ada (hilang). Perlu saya jelaskan, di dalam tas koper tersebut ada tas kecil berisi data/bahan untuk presentasi. Kejadian itu kemudian saya laporkan ke Lost and Found Bandara Singapura dengan nomor laporan (PIR) SIN/ JT/02590 tertanggal 29 September 2011. Sesuai dengan jadwal, pada 30 September 2011 saya kembali ke Jakarta, dan saya sempat bertanya kepada petugas di Bandara Singapura mengenai nasib koper saya. Ternyata tas itu belum ditemukan. Pada 1 November 2011 saya telepon dan dipersilakan datang ke Terminal 1A Bandara Soekarno-Hatta. Awalnya saya

senang karena koper saya dapat ditemukan, tetapi betapa terkejutnya saya ketika melihat kunci tas koper itu dalam kondisi rusak karena dicongkel. Tas kecil yang ada di dalamnya juga sudah terbuka (memang tidak terkunci), dan setelah saya cek ternyata sebagian isinya hilang. Atas kejadian itu saya menyatakan sangat kecewa. Sebab ketika saya meminta tanggung jawab atas rusaknya kunci koper yang mengakibatkan hilangnya sebagian barang saya, petugas hanya menjawab kuncinya akan diperbaiki dalam waktu tiga pekan. Apakah tindakan perusakan/pencongkelan kunci tas koper tersebut tidak perlu diusut, bukankah itu merupakan perbuatan kriminal? Hingga sampai ditulisnya berita ini, koper saya masih di Terminal 2E Bandara Soekarno-Hatta. Saya menunggu jawaban dan perhatiannya. B Joky Jakarta Barat


22

F OKUS

JUMAT, 14 OKTOBER 2011

SITU CINERE SURUT: Seorang warga menunjukkan air Situ Cinere yang surut akibat kemarau di Cinere, Depok, Jawa Barat, kemarin. Dahulu situ itu memiliki luas hingga ratusan hektare, tetapi sekarang hanya beberapa hektare.

Tandon Air Berhilangan Status pengelolaan yang abu-abu antara pemerintah daerah dan pusat membuat situ sebagai daerah resapan tak terurus, bahkan berhilangan.

KISAR RAJAGUKGUK

I

BU Kota pernah dilanda banjir bandang pada 2002. Kegiatan pemerintahan maupun masyarakat bahkan sempat lumpuh total. Trauma itu membuat Pemerintah Provinsi DKI lebih bersahabat dengan daerah penyangga, terutama Bogor sebagai pengirim banjir, serta Depok selaku kawasan tangkapan air sebelum masuk ke Jakarta. Peran Depok sebagai kawasan pengendap banjir kiriman sangatlah penting. Pemerintah Provinsi DKI pun tak segan-segan mengucurkan dana sebesar Rp6,5 miliar per tahun kepada Pemerintah Kota Depok. Tujuannya agar dana tersebut digunakan untuk melestarikan serta menyelamatkan situ yang berfungsi sebagai kawasan resapan air.

Seperti menjaring angin, dana yang cukup besar tersebut sia-sia, sama sekali tak nendang. Situ di Kota Depok semakin rusak bahkan beberapa hilang. Situ yang hilang antara lain 8 hektare Situ Pasir Putih, 8 hektare Situ Cinere, serta 9 hektare Situ Krukut. Hamparan situ yang totalnya seluas 25 hektare itu, aneh bin ajaib, telah berubah menjadi rumah, minimarket, berbagai tempat usaha, bahkan pasar tradisional. Namun, berdasarkan hasil penelitian badan Lingkungan Hidup Kota Depok pada 2009, yang raib bukan hanya tiga, melainkan tujuh situ. Situ yang telah berubah fungsi itu, yakni Pengasinan, Pasir Putih, Krukut, Pitara, Lembah Gurame, Pangarengan, dan Patinggi. Situ alami yang ada di Kota Depok sebanyak 26 lokasi plus

empat situ buatan di areal kampus Universitas Indonesia. Ke26 situ alami itu tersebar sepanjang daerah aliran air dari kawasan Bogor menuju Jakarta. Berdasarkan kondisi fisiknya, hanya enam situ tergolong baik (36,45 hektare). Lainnya, kurang baik (26 hektare), rusak (33,30 hektare), dan selebihnya tidak berfungsi sebagai kawasan tandon air (25 hektare). Keberadaan situ yang masih tertinggal juga masuk daftar terdesak oleh permukiman. Apabila pemerintah daerah tetap membiarkan, niscaya akan menimbulkan malapetaka banjir. Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Manusia Kota Depok Yayan Arianto mengakui beberapa situ berubah fungsi dan tiga dipastikan telah menjadi daratan. Di lain hal, situ yang tersisa pun tidak se-

Berkaca dari Situ Gintung

S

TEMA:

Ujian Pertama Menuju Gelar Juara

FOKUS

OLAHRAGA

SABTU (15/10/2011)

ITU dibuat untuk menampung air sekaligus berperan sebagai pengendali banjir. Tragedi Situ Gintung mengajarkan, bila kepentingan bisnis menjalar ke areal konservasi, hasilnya sudah pasti bencana. Tanggul Situ Gintung roboh pada 27 Maret 2009. Sebanyak 101 orang meninggal dunia dan ratusan rumah porak-poranda. Dibukanya areal itu sebagai permukiman, tempat rekreasi, dan peternakan menyumbang risiko penyebab tanggul jebol. Belanda membangun tanggul Situ Gintung pada 1932 dengan struktur tanah dan batu. Daerah tangkapan

air itu yang semula seluas 112,5 hektare berkembang menjadi 39,7% lahan permukiman, 22,8% tegalan, 17% badan air, 18% kebun, 4,5% tanah kosong, serta 0,6% areal gedung. Seiring dengan perkembangan waktu, fungsi utama situ bergeser menjadi tempat rekreasi. Pusat bisnis pun bermunculan. Rumah makan sekitar area menyajikan berbagai makanan khas. Banyak wisatawan datang untuk makan sambil menikmati keelokan air yang menghampar hijau dan anak-anak bermain perahu bebek. Wisata air Situ Gintung pun semakin terkenal.

Pastinya, keadaan tersebut membawa berkah bagi warga sekitar. Selain berjualan makanan, sebagian warga menawarkan jasa parkir. Roda kehidupan berputar kencang. Wisatawan cukup padat setiap Sabtu dan Minggu. Jika hari biasa, pengunjung memilih datang sore hari. Ekonomi daerah sekitar Situ Gintung ikut berdenyut. Muncullah tempat rekreasi baru dengan nama Pulau Situ Gintung 1, 2, dan 3. Tempat tersebut menawarkan wisata bernuansa alam, kuliner, dan wahana kolam renang. Namun di luar dugaan, semua keindahan dan usaha di sana disapu gelombang air pada 27 Maret 2009,

persisnya pukul 02.00 WIB. Tanggul bagian utara jebol disertai suara menggelegar. Air sebanyak 1 juta kubik tumpah ruah. Ribuan rumah diterjang, ratusan ikut tersapu. “Bencana waktu itu benar-benar mengagetkan. Kami sedang terlelap. Rumah saya di bawah. Begitu mendengar suara menggelegar tanda tanggul jebol, saya lari ke atas dan selamat. Banyak tetangga saya meninggal,� kenang Endang, 48, penjual makanan di sekitar Situ Gintung, kemarin. Salah satu bangunan di bawah tanggul yang tetap utuh ialah Masjid Raya Jabalurrahmah. Masjid

BERDIRI KUKUH: Bendungan Situ Gintung sudah berdiri kukuh untuk menamp Tanggul itu pernah ambrol pada Maret 2009 yang menewaskan 101 orang.


MEGAPOLITAN

JUMAT, 14 OKTOBER 2011

23

Danau pun Bisa Lenyap Pengantar: DANAU atau situ di wilayah Kota Depok, yang merupakan penyangga air kiriman dari Bogor ke Jakarta, semakin tak terurus, bahkan berubah menjadi permukiman. Kisar Rajagukguk dari Media Indonesia menggali masalah tersebut dari Ketua Pusat Riset Perubahan Iklim Universitas Indonesia yang juga Ketua Program Studi Magister Geografi Universitas Indonesia Tarsoen Waryono. Demikian petikannya. Situ di Kota Depok berupah menjadi daratan dan permukiman. Bagaimana bisa? Tidak semua situ yang berjumlah 26 diokupasi penduduk. Setahu saya hamparan air Situ Pasir Putih, Situ Cinere, serta Situ Krukut tidak kelihatan lagi. Padahal situsitu tersebut memiliki peranan sebagai daerah resapan dan tandon air. Kondisi tersebut telah diketahui Pemerintah Kota Depok, tetapi tidak ada tindakan.

MI/RULLY FIRDAUS MI/AGUS MULYAWAN

MENJADI EMPANG: Salah satu situ yang hilang di Depok ialah Situ Krukut di Kecamatan Limo, Depok, Jawa Barat. Saat ini situ tersebut telah berubah menjadi perumahan dan empang.

luas dulu lagi. Situ Rawa Besar di Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Beji, misalnya, yang dulu seluas 20 hektare, kini tinggal 17 hektare. “Tiga hektare sudah diambil masyarakat dan mendirikan bangunan tempat tinggal dan rumah kontrakan,” jelasnya, kemarin. Situ Pladen yang juga terletak di Kecamatan Beji mengalami nasib serupa. Luasnya terus menyusut. Pinggiran situ sudah menjadi daratan dan penduduk sekitar menjadikan danau tersebut sebagai tempat pembuangan sampah. Seputar situ dipenuhi tanaman eceng gondok dan pohon teratai. Menurut Yayan, pihaknya sudah melaporkan situ yang rusak, hilang, mendangkal, menyempit, dan tercemar, kepada pemerintah pusat melalui Balai Besar Ciliwung Cisadane. “Kami juga telah melaporkan ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional,” lanjut Yayan. Menurutnya, semua situ yang berubah fungsi harus dikembalikan kepada pemerintah untuk dilestarikan sebagai tandon air. Setelah dikembalikan, situ-situ tersebut langsung disertifikasi agar tidak diokupasi pihak lain.

tersebut ikut digoyang gelombang air, tapi fondasinya kuat bertahan. Berbeda dengan rumah warga yang semipermanen, hanyut terbawa air bersama penduduk yang sedang tidur hingga jarak beberapa kilometer.

MI/RULLY FIRDAUS

pung air di Tangerang Selatan, kemarin.

Jogging track Kondisi kawasan Situ Gintung benar-benar porakporanda. Jembatan penghubung antara Gintung dan Kampung Gunung pun terputus. Kini, jembatan itu kembali beroperasi. Tepat di samping jembatan juga berdiri sebuah tugu peringatan bencana yang mengakibatkan 101 orang tewas. Proyek pemugaran selesai Februari 2011. Kawasan sekitar Situ Gintung terlihat tertata rapi, bahkan dilengkapi fasilitas jalur

keberadaan situ sebagai daerah resapan. Terbukti sejumlah situ di Ibu Kota juga rusak oleh tangan manusia. “Dari 26 situ yang ada di Jakarta, hanya lima yang masih dalam keadaan baik,” papar Fakhrurrazi. Situ yang masih dalam kondisi baik yakni Babakan, Mangga Bolong, Rawa Dongkal, Kepala Dua Wetan, dan Cilangkap. Beberapa situ yang mengalami kerusakan di antaranya Rawa Badung dan Sunter Hulu. Di wilayah DKI hanya sekitar 20% situ dalam kondisi baik. Luas situ di Jakarta juga menyusut setiap tahun. Situ Rawa Badung yang memiliki luas 5 hektare, misalnya, berkurang sekitar 30%. Selain itu, Situ Sunter Hulu seluas 11 hektare menyusut sekitar 20%. “Setahu saya tidak ada situ di Jakarta yang hilang.” Fakhrurrazi menjelaskan, untuk perawatan situ memang terkendala masalah dana. DPU DKI Jakarta tidak memiliki anggaran rutin untuk perawatan situ. “Memang ada anggaran, tapi itu pun sekitar 3-5 tahun sekali. Karena itu kami mengusulkan supaya ada anggaran mulai tahun depan,” imbuhnya. (Ssr/J-1)

Status pengelola Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup, Jabodetabek memiliki 231 situ. Sebanyak 79 di antaranya rusak dan 19 situ hilang. Situ hilang terbanyak di Provinsi Banten, yaitu 16 dari 33.

Situ yang dalam kondisi baik terbanyak di Kabupaten Bogor, berjumlah 40 dari total 79. Secara umum, kondisi situ mengalami pendangkalan, penyempitan, dan menjadi tempat pembuangan sampah warga. Kondisi situ tidak terawat bahkan berhilangan karena ketidakjelasan status pengelolaan. Status lahan milik daerah, tapi UU Sumber Daya Air menyatakan semua sumber air milik negara. Tanpa kejelasan status, tanggung jawab perawatan membingungkan. Kondisi tersebut terkait dengan anggaran perawatan dan pemeliharaan. Pemerintah Provinsi DKI tampaknya sudah lelah dengan perdebatan soal status. Terhitung 2012, Dinas Pekerjaan Umum DKI mengambil inisiatif mengajukan anggaran untuk penertiban dan pengerukan situ. Menurut rencana, di sekeliling situ akan dibangun jalan guna mencegah warga mendirikan bangunan. Selain itu, kata Kepala Bidang Pengelola Sumber Daya Alam DPU DKI, Fakhrurrazi, sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah DKI 2011-2030, Pemprov DKI merencanakan penambahan 20 lokasi situ baru. Lokasinya antara lain di Brigif seluas 11 hektare, Bintaro seluas 3 hektare, Lebak Bulus seluas 3 hektare, dan Marunda seluas 56 hektare. Masyarakat Jakarta pun tampaknya masih selevel dengan warga penyangga, sama-sama belum menyadari pentingnya

kisar@mediaindonesia.com

joging (jogging track). Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Banten bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane memugar tanggul yang jebol dengan menghabiskan dana ratusan miliar rupiah. Konstruksi bangunan yang sebelumnya terbuat dari tanah dan batu diganti dengan beton. Menurut perhitungan di atas kertas, tanggul kuat menahan air hingga 100 tahun ke depan. Pemerintah Kota Tangerang Selatan bermaksud menghijaukan kawasan itu menjadi taman. Di bawah tanggul, aktivitas masyarakat juga kembali berdenyut. Setiap akhir pekan tersaji panggung musik untuk hiburan masyarakat. Pada 11 Oktober 2011 bahkan situ sudah mulai

diuji coba dengan diisi air dam. Selama seminggu ke depan petugas terus memonitor. Jika terus dalam keadaan baik, pengisian akan dibuka selama 24 jam dan ditutup selama seminggu. “Kami terus mengawasi keadaan tanggul meskipun nanti pengisian sudah dalam keadaan normal seperti dulu. Kami tidak mau kecolongan lagi seperti bencana sebelumnya,” terang Tomy, bagian monitoring tanggul Situ Gintung. Untuk mencegah terulangnya bencana, pakar situ dari Puslit Geoteknologi LIPI Edi Prasetyo Utomo, waktu itu, merekomendasikan seluruh bangunan di daerah hulu dikosongkan. Pemantauan lewat citra satelit menunjukkan penduduk cukup padat di

bagian hulu. Di sisi lain, tumbuhan yang bisa menyokong tanah telah habis karena lahan berubah menjadi hunian. Alam punya ketentuan baku yang tidak bisa dilanggar. “Daerah poros bendungan, terutama di pintu air, tidak boleh ada bangunan atau hunian. Di sekitar hulu hanya boleh dilakukan aktivitas pemantauan dam. Itu hukumnya,” pesan Edi. Namun yang terjadi, kawasan hulu sudah padat hunian bahkan hingga ke dekat pintu air. Ketika tanggul tidak bisa menahan beban aktivitas, limpasan air akan menuju daerah paling rendah (hilir). Korban terbanyak pada bencana Situ Gintung lalu ialah mereka yang mendirikan rumah di hilir. (Deni Aryanto/J-1)

Berapa lagi situ yang masih utuh? Situ Depok yang berjumlah 26 semuanya alami, ditambah empat situ buatan meliputi Kenanga, Agatis, Mahoni, dan Puspa di Kampus UI. Dari 30 situ yang masuk inventaris Kota Depok, tercatat hanya 18 agak baik, sedangkan 10 sudah rusak, dan 3 hilang. Ke-18 situ yang kondisinya agak baik pun kurang perawatan. Padahal kalau ditata sedemikian rupa, bisa memiliki nilai jual untuk kegiatan wisata ataupun rekreasi air. Separah apa kondisi 10 situ yang rusak? Airnya tercemar oleh limbah rumah tangga. Tumpukan tumbuhan eceng gondok memenuhi situ. Pemerintah Kota Depok seharusnya bertanggung jawab atas kerusakan situ tersebut. Soal dana untuk pemulihan, pemeliharaan, dan lainnya, bisa saja bersumber dari APBN karena situ merupakan kewenangan pemerintah pusat. Tapi, secara moral pimpinan wilayah (wali kota) harus bertanggung jawab. Benarkah situ yang diokupasi telah disertifikatkan masyarakat? Saya tidak tahu karena belum melihat faktanya. Berdasarkan informasi dari Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Depok, sebagian sudah besertifikat hak milik. Bagaimana mengembalikan fungsi ketiga situ itu ke semula? Pemerintah Kota Depok ha-

rus berani mengungkap ihwal kejadian sebenarnya. Kalau tanah negara diokupasi dan dilegalkan (sertifikasi), berarti ada yang keliru. Penelusuran bisa dimulai dari persil dan akan diketahui batas-batas situ yang benar. Berdasarkan sejarah, dapat dikembalikan ke status semula. Pada prinsipnya mudah memulihkan asalkan ada kemauan yang tulus dari sanubari para penjabat daerah. Apa dampak hilangnya situ tersebut? Cukup kompleks. Sebanyak 30 situ seluas 119 hektare semestinya mampu menampung air sebanyak 200 juta meter

Berdasarkan sejarah, dapat dikembalikan ke status semula. Pada prinsipnya mudah memulihkan asalkan ada kemauan yang tulus dari sanubari para penjabat daerah.” kubik per tahun. Akibat degradasi, situ tersebut hanya mampu menampung sekitar 50 juta meter kubik. Jadi, secara fisik daya tampungnya tidak relevan lagi sehingga menimbulkan limpasan air lebih 150 juta meter kubik setiap tahunnya. Hal ini bisa dibuktikan. Setiap musim hujan permukiman Kampung Lio yang berada sekitar Situ Rawa Besar, Depok Jaya, tergenang setinggi 60 cm walaupun hujan hanya rintik-rintik. Demikian juga penduduk sekitar Situ Pedongkelan, Kelurahan Tugu, sering kebanjiran kare n a d a y a t a m p u n g s i t u kurang optimal. Apakah pemulihan situ dapat mengurangi banjir? Selain mampu mengendalikan banjir, situ juga memiliki peranan sebagai sumber gizi masyarakat lewat pembuatan ternak ikan. Selain itu, sebagai pusat rekreasi air, pelatihan mendayung, dan terbentuknya keseimbangan alam. Situ mampu melerai perubahan iklim yang rentan terhadap gangguan lingkungan. Pada 2005 perhatian terhadap situ cukup menggembirakan. Forum kota serta beberapa LSM menggelar lokakarya, s e m i n a r, d a n d i s k u s i . Masyarakat Air Indonesia juga pernah memperbincangkan hilangnya tiga situ itu dalam diskusi di Kedutaan Belanda di Jakarta. Entahlah mengapa Pemerintah Kota Depok belum juga tergugah. (J-1)

MI/KISAR RAJAGUKGUK

Tarsoen Waryono Ketua Program Studi Magister Geografi Universitas Indonesia


24

K lasifa

JUMAT, 14 OKTOBER 2011

Berwisata ke Kota Air Venesia

V

REUTERS/ STEFANO RELLANDINI

ENESIA yang terletak di bagian timur laut Italia dikenal sebagai kota wisata dan kota industri. Venesia juga merupakan peninggalan kota dagang di masa lampau dan salah satu tempat wisata terkenal di tepi Laut Adriatik. Karena itu, Venesia kemudian dikenal dengan julukan the Queen of the Adriatic. Bagi Anda yang ingin berwisata ke Venesia dari berbagai kota daratan Eropa, Anda cukup menggunakan kereta api cepat seperti Eurostar. Anda juga dapat menggunakan kereta kelas ekonomi dan berhenti di Stasiun Santa Lusia. Untuk mengelilingi Venesia, para wisatawan juga dapat menggunakan vaporetto atau bus air dari Pangkalan Ferovia yang terletak tidak jauh dari stasiun. Terdapat beberapa rute yang dapat dilalui

dari Pangkalan Ferovia, di antaranya Ferovia-San Marco. Di Venesia, Anda dapat melihat bangunan tua berusia ratusan tahun, istana, gereja, dan museum bergaya gothic, Venezia-Bizantium, dan lombardesque yang berada di pulau kecil. Terdapat sekitar 100 pulau yang dihubungkan dengan kanal. Di dalam setiap kanal terdapat perahu tradisional gondola untuk mengelilingi kampung di sekitar pulau. Di sana Anda dapat melakukan wisata romantis dari kanal ke kanal dengan menggunakan perahu gondola. Di luar kanal juga terdapat bus air yang berhenti di sejumlah tempat. Rute Ferovia-San Marco dapat ditempuh dalam waktu setengah jam. Tepat di terminal bus air di San Marco, Anda akan menemui para pedagang suvenir khas Venesia seperti kristal venesia, kalung, atau replika gondola. Venesia juga dikenal sebagai

daerah penghasil suvenir kristal bermutu tinggi di Eropa dan kristal tersebut diproduksi dengan beragam bentuk. Jangan sampai lupa mengunjungi Galeri Academia, Campo Santo Stefano, dan Gereja San Moise. Tempat-tempat lain yang jangan dilewatkan yakni Lapangan San Marco, Basilika San Marco, dan Istana Ducal. Kunjungi juga Kanal San George, Palazzo Rezzonico, Estuaria, Litoral, Torcello, Burano, Murano, Lido, dan beberapa gereja dengan nilai sejarah tinggi. Venesia juga memiliki banyak tempat penginapan yang unik dengan tarif dalam tiga musim, yakni low season pada 3 Januari-31 Januari, middle season 13 Februari-14 Maret, dan high season pada 10 November-27 Desember. (Sus/S-1)


K lasifa

JUMAT, 14 OKTOBER 2011

BIRO JASA

LOWONGAN

JDC Menyediakan Driver Handl / Terpercaya Harian/Bln Hubungi Nomor 0813 1920 6196 / 7278 1484.

Bth Pengawas Bangunan rmh Tgl.STM (10Th) S1 (Arsitek/Sipil) 2th, pria, CV lkp krm Jl.Taman Ubud No.10 Spg kntr Mega Kuningan Jaksel.

INDEKOST

Dibutuhkan staf keuangan utk jasa rental audio, min D3 Finance / Accounting. max. 28 Dom Bks / Jaktim Hub. 08128770701.

Kost 1 kmr bisa 2 org, AC Split, Ex.pan ,Lemari, S.Bed, Rak TV, 600rb/bl. Jelambar Selatan 6 No.16, Rt.6/4. Telp. 33377792 - 70009996.

KULIT ASLI Furniture,Car,Fashion,Promotion,Walet, Bag, Shoes,etc. Harco Elektronik Mangga Dua,Ruko Blok B No.2 Jakarta Tlp.612.8888 www.dhenigleather.com

Wisata Tidak Terlupakan di Manila

D

PERHIASAN

ATANGLAH ke Makati, Manila bila ingin bertemu dengan masyarakat yang ramah dan menawan di Filipina. Global City, Makati, dikenal dengan sambutan hangat warganya yang siap menyambut siapa saja yang datang. Makati memang dicitrakan sebagai wilayah yang menawarkan kenikmatan dan keglamoran Kota Manila karena sebenarnya Makati merupakan pusat bisnis dan hiburan terbesar di sana. Namun, bagi Anda yang tertarik dengan nilai-nilai sejarah maka jangan lewatkan Intramuros, salah satu bangunan bersejarah milik masyarakat Filipina. Intramuros yang terletak di sisi selatan aliran Sungai Pasig, serupa dengan sebuah benteng. Dalam bangunan tersebut tersimpan sejumlah situs dan catatan sejarah Filipina mulai dari Kerajaan Islam, zaman pendudukan Spanyol, Amerika Serikat, hingga Jepang. Awalnya sebelum jatuh ke tangan Spanyol, Filipina menjadi negara merdeka yang dipengaruhi kuat oleh budaya Melayu. Hingga kini, meski kebudayaan Filipina wilayah utara sudah dipengaruhi budaya Spanyol, namun masih terdapat banyak budaya Melayu di sana. Contohnya seperti adanya kesamaan bahasa antara bahasa Tagalog dan Indonesia yang berakar budaya Melayu, seperti sebutan untuk payung, putih, kumpul-kumpul, lalaki (lelaki) dan dingding (dinding). Sejarah Intramuros dimulai ketika Spanyol di bawah kekuasaan Miguel Lopez de Legazpi mendirikan kota

STAR ARLOJI ,BELI JAM bks/berlian dgn hrgTgg ROLEX,BULGARI,OMEGA,BREITLING,dll,Hub:Bp. TONY 392 9079,0812 9455 198 Apt MentengPrada Lt. 1 No.2J dpn St.Cikini (Dtg ke tmpt).

IKLAN KLASIFA

HUBUNGI KAMI Telepon :

+62 21 5812 088, Ext. 1128 Shauma Ramadhan Kamil (Ramma) HP : 0815 1160 0081 Email : rammakamil@mediaindonesia.com Indra Mahyudi HP : 0812 8999 517 Email : indra@mediaindonesia.com Simin HP : 0812 9415 739 Email : simin@mediaindonesia.com Desfrina (Dedes) HP : 0812 8178 941 Email : dedes@mediaindonesia.com

25

REUTERS/ERIK DE CASTRO

Manila pada Juni 1571, dan menjadi pusat kekuasaan Spanyol di Filipina selama lebih dari 300 tahun. Kemudian, untuk menghindari serangan bajak laut China, Jepang, Belanda dan Portugis, Legazpi lalu membangun benteng untuk melindungi kota. Benteng yang berfungsi sebagai tembok pertahanan dibangun dengan tebal lebih dari satu meter, panjang 4,5 kilometer dan luas 64 hektar. Dengan begitu kota di dalam benteng kemudian dikenal dengan nama Intramuros. Dalam bahasa Spanyol, Intramuros berarti di dalam dinding atau benteng. Intramuros menjadi wilayah penting karena di dalam kota kecil tersebut Raja Spanyol Philip II menempatkan pusat politik, budaya, pendidikan, perdagangan, agama dan pusat kekuasaan Spanyol di wilayah Timur. Tidak hanya itu, terdapat gedung pemerintahan Spanyol yang masih berdiri dengan megah tidak jauh dari Gereja Katedral Manila yang dulunya merupakan pusat keagamaan Intramuros dan Spanyol. Posisi Katedral Manila di dalam Intramuros juga menjadi penting karena jasad semua Kardinal Manila dimakamkan di sana sejak Kardinal Sing memilih dikuburkan di tempat itu. Semua situs penting di Intramuros tersebut dapat di kunjungi dengan menggunakan andong dan membayar sebesar 500 Peso atau Rp98.000. Uniknya, kusir andong dapat berfungsi sebagai pemandu wisata yang mampu menjelaskan wilayah Intramuros dengan detail. (Sus/S-6)


26

O LAHRAGA

JUMAT, 14 OKTOBER 2011

Venue Menembak Dijamin Rampung

SEKILAS GELANGGANG Peserta Gantole Ikuti Lintas Alam P PA PARA peserta Kejurnas Gantole 2011 memulai lomba nomor lintas alam yang akan berlangsung tiga babak dengan start di Lanud al Atang Sendjaja, Bogor, Jawa Barat, kemarin. A Dalam nomor ini 55 peserta diuji kemampuan mereka terbang jauh dalam kecepatan tinggi pada jalur segitiga berjarak sekitar 9 jau km. Peserta dilengkapi peralatan radio komunikasi dan GPS (global km positioning system) yang merekam jalur penerbangan tiap atlet. Mepo reka harus melewati tepat di atas tiga titik. re “Kami juga menyiapkan tim penjemput karena biasanya ada yang mendarat di tempat-tempat yang cukup jauh,” kata humas ya panitia kejurnas Tagor Siagian. Dalam nomor lintas alam ini peserta pa terbagi dalam kelas A, yakni layangan dengan sayap dua lapis, dan te kelas B yakni layangan satu lapis. (Ant/R-2) ke

Roddick ke Perempat Final Shanghai R Venue menembak ini merupakan yang terbesar di Asia. Amat disayangkan kalau akhirnya batal menjadi arena pertandingan dan dipindah ke Jakarta. TETRA SURYA

K

EINGINAN PB Perbakin untuk memindahkan pertandingan menembak SEA Games XXVI ke Jakarta hanya sebatas wacana. Palembang memastikan pelaksanaan pertan dingan nanti tetap dilakukan di venue menembak di Kompleks Jakabaring Sport City. Apalagi arena pertandingan itu sudah rampung 98%. Soal pengerjaan arena pertandingan tersebut, menurut Site Manager PT Prambanan Dwipaka Martin Puji Trihartono, saat ini semua bangunan sudah memasuki tahap finishing. ‘’Kalau dalam persentase sudah mencapai 98% yang selesai. Kita hanya merampungkan bagian yang belum rapi, dan dalam hitungan hari diperkirakan sudah selesai,” ujar Martin di Palembang, Sumatra Selatan, kemarin. Martin menambahkan, lapangan tembak yang terbesar

di Asia ini menghabiskan dana Rp117 miliar. sangat disayangkan kalau pertandingannya dipindahkan ke Jakarta. “Ini jauh lebih baik jika dibandingkan dengan Jakarta, dan yang terbesar di Asia. Saya pikir sangat sayang kalau pindah,” katanya. Dari hasil pantauan di venue lapangan tembak, memang terlihat masih berantakan pada bagian luar. Di bagian dalam tinggal pemasangan vinyl lantai. Martin mengakui itu karena bagian luar sebagai tempat lalu lintas kendaraan proyek. “Bagian luar memang belum dirapikan, tetapi kalau besok Bapak kembali lagi, semua sudah terlihat dengan jelas, termasuk jalan dan tempat parkir juga sudah dikerjakan dan juga rumput-rumput,” tegasnya. Dijelaskannya, Palembang pada 27 Oktober mendatang siap menggelar test event. Tidak ada hambatan karena semua bangunan sudah bisa diselesaikan. “Venue ini siap

MI/ BAHARMAN

SELESAIKAN VENUE: Pekerja menyelesaikan pembangunan kolam pemanasan di venue akuatik SEA Games di Jakabaring Sport City (JSC), kemarin. Pembangunan venue akuatik dikebut untuk digunakan dalam ajang SEA Games XXVI, 11 November mendatang. digunakan untuk test event dan juga SEAG,” jelas Martin lagi. Undian sepak bola Di sisi lain, undian untuk pembagian grup cabang sepak bola putra SEAG akan dilakukan di Jakarta, 18 November mendatang. Indonesia akan menjadi salah satu unggulan karena bertindak sebagai tuan rumah. Menurut Manajer Timnas U-23 Roso Daras, Indonesia akan ditempatkan dalam grup yang terpisah dari juara SEAG

MI/ROMMY PUJIANTO

BERPIKIR: Pecatur asal Indonesia Evi Lindawati-Women Candidate Master (kiri) bertanding melawan pecatur asal Georgia WGF Sopiko Guramishvili pada Kejuaraan Internasional Catur Indonesia Terbuka 2011 di Jakarta, kemarin.

U

wan unggulan keenam GM Vladislav Tkachiev (Prancis). FM Rudin Hamdani menghadapi unggulan kesembilan GM Zhao Jun (China). Pertemuan antara pemain nonunggulan dan para unggulan itu bisa saja terjadi di awal karena sistem pertandingan dalam ajang ini memakai Swiss sembilan babak. Dengan sistem itu, para pecatur yang belum ber-elo rating di atas 2.600 dapat langsung melawan para pecatur yang telah memiliki elo rating di atas 2600. Di IOCC 2011, akhirnya ada 80 pecatur yang ikut dan diklasifikasikan pada elo rating mereka. Setelah itu, mereka dibagi menjadi dua, para pecatur di posisi 1-40 dan posisi 41-80. Pecatur di posisi ke-1 melawan pecatur di posisi ke-41, pecatur di posisi ke-2 melawan pecatur di posisi ke-42, dan seterusnya. Itulah mengapa beberapa pecatur Indonesia langsung melawan beberapa

Senayan dan Stadion Lebak Bulus. Khusus cabang sepak bola akan memulai pertandingan lebih awal dari cabang olahraga lainnya. Disinggung soal persiapan timnas U-23, Roso mengatakan tim sudah berkumpul kembali di Jakarta sejak pekan lalu. Mereka dijadwalkan melaksanakan pertandingan uji coba melawan Persikabo di Stadion Utama GBK, kemarin petang. (R-2) tetra@mediaindonesia.com

Force India Ubah Nama F IN INVESTASI sebesar US$100 juta dilakukan Grup Sahara ke dalam tim balap Formula One (F1) Force India. Dengan demikian, dalam balapan GP India pada 30 Oktober mendatang di Sirkuit Internaba sional Buddh, tim ini bernama Sahara Force India. sio ‘’Sungguh hal yang membanggakan bisa menjadi bagian dari tim F1 India ini. Kami yakin apa yang kami lakukan ini bisa membawa kiprah membanggakan untuk India,’’ ujar Ketua Sahara Subrata ki Roy di New Delhi, kemarin. Ro Roy merupakan salah satu pengusaha manufaktur dan jasa pelayanan paling berhasil di India. Ketika mengumumkan perubahan lay komposisi tim F1 tersebut, ia tampil bersama mitranya yang juga ko pemilik saham di tim itu, miliarder Vijay Mallya. Mallya tetap pe sebagai prinsipal tim. (Autosport/R-2) se

Timnas Voli Pantai Awali Kemenangan

Pecatur Tuan Rumah Menghadapi Lawan Berat

NTUNG tidak dapat diraih, malang tidak dapat ditolak. Begitulah ungkapan ketika sejumlah pecatur Indonesia harus bertemu pemain kelas dunia dalam babak pertama Indonesia Open Chess Championship (IOCC) 2011 di Jakarta, kemarin. Beberapa pecatur Indonesia langsung menghadapi lawan dengan elo rating di atas 2.600. Pemain Indonesia nonpelatnas yang bergelar FIDE Master (FM) Agusta Laksana bertemu unggulan kedua GM Aleksey Dreev (Rusia/2.711). Begitu juga dengan FM Syarif Mahmud langsung melawan unggulan ketiga GM Li Chao (China/2.669). Kemudian International Master (IM) Muhammad Ivan Situru harus berjibaku dengan unggulan keempat GM Wesley So (Filipina/2.655). Begitu juga dengan FM Deni Sonjaya harus mengeluarkan semua kemampuan terbaiknya menghadapi unggulan kelima Surya Sekhar Gangguly (China/2.627). Untuk pecatur pelatnas, FM Anjas Novita langsung mela-

sebelumnya, Malaysia. ‘’Dalam undian tersebut akan ditetapkan jadwal pertandingan dan unggulan. Negara peserta SEAG lainnya adalah Thailand, Filipina, Myanmar, Laos, Vietnam, Brunei Darussalam, Timor Leste, Kamboja, dan Singapura,’’ ujar Roso seperti disitat Antara, kemarin. Mengenai lokasi pertandingan, menurut Roso, semua pertandingan akan dilaksanakan di Jakarta yakni di Stadion Utama Gelora Bung Karno

PE PETENIS Amerika Serikat Andy Roddick menjadi pemain pertama yang melangkah ke perempat ya nal turnamen Shanghai Masters fin di Shanghai, China, kemarin. Ia menundukkan Nicolas Almagro m (Spanyol) 6-3, 6-4. (S Bermain di lapangan tertutup di Stadion Qi Zhong, Roddick yang menempati unggulan 10 ya ini memang tampil lebih baik in AP kendati sempat membuat 14 ke unforced error. ‘’Saya bisa me- Andy Roddick un lepaskan servis dengan baik dan Petenis AS lep mampu melakukan apa yang m saya inginkan,’’ ujar Roddick seusai pertandingan. sa Pada pertandingan lainnya di putaran kedua, unggulan dua Andy Murray (Inggris) tidak perlu bersusah payah karena Dmitry An Tursunov (Rusia) memberikan kemenangan walkover. Kemudian Tu unggulan utama Rafael Nadal (Spanyol) menuntaskan perlawanan un rekan senegaranya, Guillermo Garcia-Lopez, 6-3, 6-2. Namun nasib re sial dialami unggulan empat Jo-Wifried Tsonga (Prancis) yang disia hempaskan Kei Nishikori (Jepang) 7-6 7-1), 4-6, 4-6. (AP/R-2) he

pecatur kelas dunia. IOCC 2011 juga diramaikan nuansa dendam di antara para pecatur kelas dunia. GM Wang Yue menyimpan sakit hati atas kekalahannya di World Cup 2011 di Khanty-Mansiysk, Rusia, September 2011. Ia gugur di babak pertama saat menghadapi GM Alexander Fier (Brasil/2.566). Padahal elo rating-nya lebih baik, 2.716. Ia berharap bisa bertemu Fier dan membalas kekalahannya. Sedangkan Dreev mengatakan IOCC 2011 bakal berlangsung ketat. “Kompetisi pasti ketat karena banyak pecatur kuat dari berbagai negara ikut IOCC 2011. Yue, saya belum pernah melawannya, tetapi sebagian besar pecatur China kuat,” kata Dreev yang telah menulis tiga buku tentang catur. Dreev menambahkan, pecatur veteran yang diwaspadainya ialah Alexander Shabalov. ‘’Dia pecatur yang harus diwaspadai karena sangat berpengalaman. Terakhir kali saya melawannya sepuluh tahun lalu di Moskow.” (KK/R-25)

TIGA pasangan putri Indonesia TI mengawali kejuaraan voli panme tai Asia Pasifik LA Lights Piala Gubernur Sumsel 2011 dengan Gu meraih kemenangan pertama. me Pada turnamen uji coba menjelang SEA Games XXVI di jel Kompleks Olahraga Jakabaring, Ko Palembang, Sumatra Selatan, Pa kemarin, pasangan Indonesia 1 ke Ayu Cahyaning Siam-Yokbeth Ay Kapasiang meraih kemenangKa an pertama 21-18, 21-19 atas Katie Bartoli-Sarah Battaglene Ka (Australia). (A Dua pasangan putri tuan rumah lainnya, tim Indonesia ru Efa Sulistiowati-Dhita Juliana 2E dan tim Indonesia 3 Fitri Wida jayanti-Putu Dini Jasita Utami, jay juga membukukan kesuksesan jug perdana dalam ajang dengan pe format round robin tersebut. for Efa-Dhita menang atas pasangan Hong Kong Ng Tin Lai san Ng-Wong Yuen Mei 21-10, 21-15. Ng Fitri-Putu bangkit dari keterFit tinggalan untuk mengalahkan tin pasangan Malaysia 2 Iswari pa Manokharan-Luk Teng Kee 12M 21, 21-17, 15-6. 21 “Untuk pertandingan pertama ini, para pemain putri tam tampil maksimal meskipun ta masih melakukan kesalahanm kesalahan kecil yang mestinya ke tidak perlu,” kata pelatih tim tid

nasional putri Agus Salim seperti disitat Antara. Pada bagian putra, pasangan Indonesia 3 Fahriansyah-M Bustomi menelan kekalahan saat menghadapi tim Oman 1 Bader Al Subhi-Hassan Al Blushi 13 21, 19-21. Sebaliknya, dua pasangan Indonesia lainnya meraih kemenangan. Tim Indonesia 1 Koko

Prasetyo-Andy Ardiansyah menang 21-10, 21-15 atas pasangan Timor Leste 1 Nicolau XavierAdriano Ressuricao. Berikutnya Dian Putra Santosa-Ade Candra Rachmawan menundukkan tim Australia 1 Aaron Crook-Casey Grice 26-24, 21-16. Di sisi lain, panitia pelaksana tidak siap menyelenggarakan

ajang ini. Ketua KONI Sumsel Mudai Madang meradang setelah melihat kinerja panitia. “Ini ajang internasional. Malu kita karena seperti terkesan tidak serius akibat permasalahan kecil,” tegas Mudai yang menemukan ketidaksiap an sound system, listrik, hingga pembawa acara. (TT/R-2)

ANTARA/ ISMAR PATRIZKI

KANDASKAN TIMOR LESTE: Pevoli pantai putra Indonesia 1 Andi Ardiyansah (kiri) dan Koko Prasetyo D (kanan) berusaha mengembalikan bola ke arah tim Timor Leste saat berlaga dalam LA Lights Asia Pacific Beach Volley-Gubernur Sumsel Cup di lapangan voli pantai, Palembang, Sumatra Selatan, kemarin.

Simoncelli Siap Mengganggu PE PERBURUAN gelar juara di ajang Moto-GP masih tetap aja menyemburatkan kegairahan. me Marco Simoncelli, misalnya, M bertekad untuk terus mengbe ganggu perjalanan kandidat ga juara musim 2011, Casey Stoner jua dan Jorge Lorenzo. da Pembalap tim Gresini Honda tersebut menegaskan podium ter teratas dalam balapan di Phillip ter Island, akhir pekan ini, bukanIsl lah sesuatu yang mustahil. ‘’Saya yakin bisa mewujudkan hal tersebut dengan konka sistensi dan harapan yang saya sis miliki,’’ tegas Simoncelli di Philmi lip Island, Australia, kemarin. Menjadi juara dunia musim 2011 merupakan hal sangat 20 tidak mungkin buat Simoncelli. tid

Bertengger di posisi delapan pada klasemen pembalap dengan 119 poin sudah menunjukkan hal tersebut. Namun, dia menjadi pembalap yang potensial menjadi kerikil dalam sepatu baik buat Stoner maupun Lorenzo yang kini menempati posisi pertama serta kedua dalam klasemen. Stoner sejak kegagalan menjuarai GP Jepang, dua pekan silam, sudah menegaskan bakal tampil lebih bagus di GP Australia. Dia bahkan menyebutkan siap memuaskan pendukungnya dalam home race nanti. ‘’Sekarang saya merasakan motivasi yang tinggi dan siap untuk bertarung ketat di Phillip Island. Di Motegi saya melihat

kemampuan saya dengan baik, dan itu sudah menunjukkan saya bisa menjadi saingan berat buat para pembalap lainnya,’’ tambah Simoncelli lagi. Phillip Island bukanlah sirkuit asing buat pembalap asal Italia itu. Dia sudah pernah menang saat berlaga di kelas 250 cc pada 2008 dan 2009. ‘’Saya ingin memperlihatkan itu kembali sekarang,’’ tuturnya. Kondisi mental Simoncelli kini berada dalam situasi yang nyaman karena dia sudah mengamankan posisi untuk tetap berada dalam tim hingga tahun depan. Gresini Honda memperpanjang kontraknya dan ia pun sudah menjajal Honda 1.000

cc, pekan lalu, untuk persiapan musim mendatang. ‘’Pengalaman yang menakjubkan, melalui 50 putaran penuh dengan pacuan adrenalin dalam diri,’’ tukasnya. ‘’Motor yang luar biasa dan saya ingin kembali melakukan tes di Valencia nanti.’’ Saat ini perburuan gelar juara praktis menjadi milik pembalap Repsol Honda Casey Stoner dan anggota tim Yamaha Jorge Lorenzo. Stoner bertengger di puncak dengan 300 poin dan Stoner di posisi berikutnya dengan 260 poin. Balapan musim ini masih menyisakan dua seri lagi, di Sepang, Malaysia, dan Valencia, Spanyol. (Autosport/Eko/R-3)


O LAHRAGA RAGA

JUMAT, 14 OKTOBER 2011

Indonesia di Peringkat 33 DNC 2011 DANONE Aqua memberikan apresiasi kepada tim SSB Hasanuddin yang telah berjuang mengharumkan nama Indonesia di festival Danone Nations Cup (DNC) pada 6-9 Oktober di Madrid, Spanyol, de ngan menempati peringkat ke-33. Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Santiago Bernabeu tersebut, Indonesia menempati peringkat ke-33 dari 40 negara. Gelar juara dunia DNC 2011 diraih tim Brasil setelah di final mengalahkan tim dari Asia yaitu Thailand 4-0. Pemimpin Danone Agua Parmaningsih Hadinegoro memberikan apresiasi untuk tim SSB Hasanuddin dari Makassar sekembalinya ke Tanah Air setelah berlaga mewakili Indonesia di ajang tersebut. “Kami sangat bangga dengan perjuangan anak-anak kami dan prestasi yang telah mereka raih walaupun belum dapat lolos ke babak semifinal. Tidaklah mudah berhadapan dengan tim dari negara-negara dari belahan benua lain yang sebagian besar memiliki postur tubuh lebih tinggi, juga melawan dinginnya cuaca di Eropa,” katanya. Menurut dia, ajang ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial Danone Aqua untuk membangun masyarakat Indonesia yang sehat, tidak

saja melalui produk-produk kami, tapi juga melalui kegiatan sosial, pelestarian lingkungan, dan pemberdayaan masyarakat. “Aqua-DNC merupakan salah satu perwujudan komitmen kami membantu mewujudkan impian anak-anak Indonesia untuk berpartisipasi di ajang sepak bola internasional yang diakui FIFA. Kami berharap ajang ini akan terus menjadi salah satu ajang untuk pembinaan generasi muda sepak bola penerus di Indonesia demi mewujudkan Indonesia yang sehat,” katanya. SSB Hasanudin Makassar memasukkan 6 gol dan hanya kebobolan 4 gol, serta menjadi tim paling sedikit kedua kebobolan dalam final dunia DNC 2011. Permainan tim Indonesia pada babak penyisihan grup mengalami peningkatan performa secara signifikan. Anakanak Indonesia berhasil menjadi tim yang paling tangguh pada perebutan tempat terbaik dari tim-tim peringkat bawah dengan menahan imbang Prancis 1-1, menggulung Selandia Baru 1-0, dan menaklukkan Aljazair 1-0. Terakhir, tim Indonesia mencatatkan kemenangan atas tim Guatemala 3-1 lewat adu penalti sehingga berhasil merebut peringkat ke-33. (*/R-4)

ANTARA/MAMAN

APRESIASI DANONE AQUA: Brand Director Danone Aqua Feby Intan (empat kanan atas) bersama Marketing Manager Danone Aqua Intan Ayu Kartika (lima kiri atas), Asisten Deputi Bidang Iptek Olahraga Kemenpora Agus Mahendra (kanan bawah), Communication Director Danone Aqua Troy Pantouw (kiri bawah) dan Pelatih serta tim SSB Hasanuddin dari Makassar yang telah mewakili Indonesia pada final dunia Danone Nations Cup (DNC) 2011 saat acara apresiasi tim di Jakarta, Rabu (12/10).

27

Gol Ronaldinho dan Marcelo Kandaskan Meksiko Juergen Klinsmann menelan kekalahan ketiganya selama melatih timnas AS. Meskipun demikian, Klinsmann masih memiliki keyakinan pada timnya. DENNY P SINAGA

D

UA gol Brasil yang bermain dengan 10 pemain di 11 menit terakhir membungkam tuan rumah Meksiko 2-1 pada laga persahabatan di Torreon, Meksiko, kemarin. Gol-gol dari Ronaldinho dan Marcelo membuyarkan keunggulan Meksiko yang bertahan sejak menit ke-10. El Tri--julukan timnas Meksiko--unggul 1-0 setelah bek Brasil David Luiz mencetak gol bunuh diri. Meksiko tampaknya akan mempertahankan keunggulan 1-0 hingga akhir ketika Daniel Alves diusir wasit semenit jelang jeda. Bintang Barcelona itu mendapat kartu kuning kedua karena mendorong striker Meksiko Javier Hernandez di kotak penalti. Akibat pelanggaran Alves, Meksiko berpeluang memperbesar keunggulan lewat titik penalti. Namun, bola hasil tendangan pemain sayap Meksiko Andres Guardado itu dapat di gagalkan kiper Brasil Jefferson. Ronaldinho menyamakan kedudukan di menit ke-79 lewat tendangan bebas. Bagi Dinho, gol itu adalah yang pertama sejak terakhir mencetak gol di level internasional pada Oktober 2007 saat Selecao menggasak Ekuador 5-0. “Senang rasanya bisa kembali mencetak gol bagi tim nasional. Terima kasih kepada pelatih yang memercayai saya tampil membela timnas,” ujar Dinho seusai pertandingan. Kemudian Marcelo membalikkan keadaan 5 menit kemudian. Marcelo bekerja sama 1-2 dengan Neymar sebelum menaklukkan kiper Meksiko Oswaldo Sanchez. Bagi Sanchez, kekalahan ini sekaligus menutup kariernya di tim nasional. Laga ini merupakan laga perpisahan Sanchez yang telah membela El Tri sebanyak 100 kali. Di sisi lain, kekalahan itu adalah yang pertama dari 15 laga terakhir di bawah asuh-

AP/ EDUARDO VERDUGO

BEREBUT BOLA: Pemain Brasil Ronaldinho (kanan) berebut bola dengan pemain Meksiko Giovanni Dos Santos. Gol pembuka Dinho pada laga itu menaikkan moral Selecao sehingga mampu membalikkan keadaan sehingga menang 2-1. an pelatih Jose Manuel de la Torre. Kekalahan ketiga Dari New Jersey, timnas Amerika Serikat menelan kekalahan ketiganya dari lima laga di bawah asuhan pelatih Jurgen Klinsmann. Di kandang klub liga sepak bola AS (MLS) New Jersey Metro Star Red Bull Arena, New Jersey, AS kalah 0-1 dari tamunya, Ekuador. Adalah pemain pengganti Jaime Ayovi yang mencetak gol satu-satunya di laga itu. Ayovi menyundul bola untuk me naklukkan kiper AS Tim Howard.

Klinsi--panggilan Klinsmann--hanya mengganti satu pemain di starting line up saat mengalahkan Honduras 1-0 akhir pekan lalu di Miami. Dia memasukkan Oguchi Onyewu menggantikan Michael Orozco Fiscal. “Tim ini telah berusaha keras dan mereka telah melakukan segalanya sesuai instruksi saya,” ujar pelatih Klinsmann. “Saya meminta mereka meningkatkan tekanan ketimbang saat mengalahkan Honduras. Saya pikir mereka telah mener jemahkan perintah saya itu dengan baik.” Meski kalah, Klinsi memuji

penampilan anak-anak asuhnya itu. Saya kira mereka tampil brilian meskipun tidak beruntung dan mencetak gol. “Saya menyaksikan performa mereka dan menciptakan banyak peluang, terutama di babak pertama. Di babak kedua, Ekuador tampil lebih ofensif sehingga mampu mencetak gol.” Pada kalender FIFA selanjutnya di 11-15 November, Klinsmann telah menyiapkan laga persahabatan. Klinsi belum menyebutkan di negara mana, tapi Eropa akan menjadi sasaran utama. Sejak ditunjuk menukangi timnas AS Juli lalu, AS men-

catat satu kemenangan atas Hon duras (1-0), sekali seri melawan Meksiko (1-1), dan tiga kali kalah dari Kosta Rika, Belgia, dan yang terbaru dari Ekuador. Pada laga persahabatan lainnya, Honduras menang 2-1 atas tamunya, Jamaika, di Estadio Municipal Ceibeño Nilmo Edwards, La Ceiba. Dua gol Honduras dicetak Jerry Bengtson di menit pertama dan Mario Martinez (54’). Jamaika memperkecil kekalahannya lewat gol Demar Philips di masa injury jelang jeda. (R-3) denny@mediaindonesia.com


O LAHRAGA

MEDIA INDONESIA | JUMAT, 14 OKTOBER 2011 | HALAMAN 28

Inggris Bersiap tanpa Rooney Capello sudah harus mulai memikirkan rencana B berapa pun lamanya skors yang dijatuhkan UEFA untuk Rooney. ACHMAD MAULANA

sulit terwujud. Hal itu pun diakui mantan kapten ‘Tiga Singa’ Terry Butcher. Menurutnya, Rooney akan menjadi orang yang sangat beruntung jika hanya diskors satu pertandingan. ‘’Saat ini keputusan ada di tangan UEFA. Tidak ada yang bisa ia (Rooney) lakukan,’’ ujar Butcher. Lebih lanjut, Butcher mengatakan dirinya bisa memahami jika banyak pihak merasa frustrasi dengan situasi dan kondisi yang dialami Rooney ini. Terlebih lagi arsitek Fabio Capello. Juru taktik asal Italia itu sudah harus memikirkan strategi lain seandainya Rooney tetap diskors tiga pertandingan. ‘’Capello pasti menjadi orang yang sangat frustrasi. Ia pasti berpikir seandainya mengalami lagi kejadian serupa di masa depan,’’ tandas Butcher.

S

REUTERS/DARREN STAPLES

MENANTI SKORS: Striker Inggris Wayne Rooney (tengah) tampak menolak ketika wasit Wolfgang Stark (kanan) memberinya kartu merah karena menendang pemain Montenegro pada pertandingan kualifikasi Euro 2012. Karena ulahnya itu, Rooney kini bersiap diskors UEFA.

Setan Merah Segel Chicharito SIAPA pun yang berniat membajak Javier Hernandez harus gigit jari. Pasalnya, Manchester United kemarin resmi memperpanjang kontrak pemain asal Meksiko itu selama lima tahun. ‘’Kami sudah melakukan negosiasi ulang mengenai kontrak Javier dan sekarang dia sudah berkomitmen untuk membela Manchester United sampai lima tahun ke depan,’’ cetus agen Hernandez, Eduardo Hernandez. ‘’Kontrak awal sangat baik untuk Manchester dan Javier karena kedua pihak merasa cocok. Kedua pihak pun kembali bertemu. MU ingin memberi reward kepada Javier atas performa apiknya musim lalu,’’ imbuhnya. The Red Devils memang harus buru-buru mengamankan salah satu aset mereka yang paling berharga ini. Pasalnya, sejumlah klub raksasa Eropa telah kasak-kusuk untuk membajak pemain berjuluk Chicharito itu. Salah satu klub yang terangterangan bernafsu menggaet pemain bernama lengkap Javier Hernández Balcázar itu yakni raksasa Spanyol, Real Madrid. Itu sebabnya ‘Setan Merah’ langsung memperpanjang kontrak pemain yang musim lalu menyumbang 20 gol tersebut. ‘’Kalau melihat kondisinya, Javier tidak akan pergi (dari Old Trafford). Karena kami sudah cukup lama terlibat pembicaraan dan pihak United

REUTERS/DARREN STAPLES

bersama Manchester United. Pemain berjuluk Chicharito itu, kemarin, resmi menandatangani perpanjangan kontrak selama lima tahun. Tom Cleverley. Ia akan dikontrak selama empat tahun. Adapun pemain yang tengah ditawari perpanjangan kontrak adalah Danny Welbeck dan Dimitar Berbatov. Tahun lalu, MU juga telah mencapai kata sepakat dengan sejumlah pemain untuk tetap bertahan di Old Trafford. Mereka ialah Wayne Rooney, Rafael, Ryan Giggs, Anderson, Antonio Valencia, Chris Smalling, Park Ji-sung, Michael Owen, Patrice Evra, Michael Carrick, dan Dar-

Saat ini keputusan ada di tangan UEFA. Tidak ada yang bisa ia (Rooney) lakukan.”

Sanksi rasial Pada saat yang sama, Bulgaria terancam sanksi dari UEFA terkait dengan aksi rasial yang dilakukan suporter mereka terhadap pemain Inggris Ashley Young saat kedua tim berhadapan di babak kualifikasi lalu di Sofia. Di tempat terpisah, Craig Levei n a k h i r nya bersedia untuk tetap menukangi Skotlandia dalam menghadapi kualifi kasi Piala Dunia 2014. Sebelumnya Levein sempat berencana mundur setelah gagal mengantarkan timnya lolos ke putaran final Euro 2012. ‘’Fokus utama saya kini ialah lolos kualifikasi di turnamen major. Kami sudah gagal di sini (Euro 2012) sehingga kami harus membidik target lain. Hasrat saya tidak kalah dari para pemain. Kami memiliki banyak pemain, tapi sayangnya mereka belum pernah maju ke putaran final turnamen besar,’’ ujar Levein. (AP/Rtr/R-4)

Terry Butcher Mantan pemain timnas Inggris Monaco Fernando Morientes. Namun, UEFA mengurangi hukuman nya menjadi dua pertandingan karena menganggap perbuatannya itu tidak disengaja. Demikian pula striker asal Rusia Andrei Arshavin yang juga diskors dua pertandingan setelah diganjar kartu kuning saat melawan Andorra. Akibatnya dia absen di dua pertandingan pertandingan pada Euro 2008. Apalagi, kata dia, Rooney belum pernah diusir keluar lapangan pada pertandingan apa pun di Eropa selama enam tahun terakhir. Hal itu akan menjadi pertimbangan. Namun kalau pihak FA mengharapkan Rooney hanya diskors satu pertandingan, sepertinya itu

maulana@mediaindonesia.com

Dick Advocaat Membungkam para Pengkritik

PERPANJANG KONTRAK: Striker asal Meksiko Javier Hernandez dalam salah satu penampilannya

pun mengajukan tawaran yang sangat menarik. Saya tidak bisa katakan apa, tapi itu merupakan bentuk penghargaan mereka atas performa Javier,’’ kata Eduardo Hernandez lagi. Selain Chicharito, pihak MU juga akan memperpanjang kontrak 12 pemain lainnya. Tujuannya jelas, yakni untuk mempertahankan kekuatan mereka saat ini. Salah seorang pemain yang sudah menandatangani perpanjangan kontrak yakni midfielder

TRIKER Inggris Wayne Rooney amat mungkin bakal mendapat sanksi tiga pertandingan jika mengacu ke aturan Komisi Disiplin Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA). Saat ini badan pengawasan dan disiplin UEFA masih menggodok sanksi yang akan dijatuhkan untuk Rooney terkait dengan kartu merah yang ia terima saat menghadapi Montenegro pada pertandingan Grup G Kualifikasi Euro 2012. Publik Inggris masih mengharapkan sanksi tidak seberat itu. Jika benar-benar diskors tiga pertandingan, striker Manchester United itu dipastikan tidak bisa memperkuat the Three Lions selama babak penyisihan grup di putaran final Euro 2012. Mantan pemain Everton itu diganjar kartu merah oleh wasit Wolfgang Stark karena ulahnya menendang pemain lawan Miodrag Dzudovic. Dalam artikel 10 (e) regulasi badan disiplin UEFA dinyatakan bahwa skors selama tiga pertandingan atau periode tertentu dijatuhkan atas pelanggaran yang dibuat seorang pemain atau seseorang dalam sebuah pertandingan. Dalam aturan itu juga disebutkan bahwa seorang pemain yang melakukan pelanggaran keras bakal diskors lima pertandingan. Terkait dengan ancaman tersebut Federasi Sepak Bola Inggris (FA) telah mengirimkan berkas permohonan keringanan hukuman. Namun, salah satu pejabat UEFA menegaskan seringanringannya hukuman Rooney, pemain kelahiran Croxteth, Liverpool, itu akan mendapat sanksi dua pertandingan. Ia mencontohkan kasus mantan pemain Chelsea Marcel Desailly pada 2004. Pemain asal Prancis itu awalnya diskors tiga pertandingan karena menyikut pemain

ren Fletcher. Pada bagian lain, arsitek ‘Setan Merah’ Sir Alex Ferguson mengaku belum punya rencana untuk pensiun dalam waktu dekat ini. Alih-alih berpikir mundur, juru taktik asal Skotlandia itu justru mengaku ingin kembali sukses bersama timnya. ‘’Saya tidak berpikir untuk pensiun lagi. Kami punya tim muda yang hebat dan staf yang luar biasa. Masa depan kami cerah,’’ ujar Ferguson. (AP/Rtr/Mln/R-4)

ARSITEK Rusia Dick Advocaat membungkam para pengkritiknya dengan mengantarkan timnya lolos ke putaran final Euro 2012. Lebih dari itu, ia juga mendapat pujian dari Ketua Federasi Sepak Bola Rusia Sergei Fursenko. “Saya memang mengharapkan ini dari sekarang. Jangan lagi tim kami terlalu banyak dikritik seperti di masa lalu,” cetus juru taktik asal Belanda itu. Rusia memastikan diri ke putaran final Euro 2012 setelah melumat Andorra 6-0 pada pertandingan terakhir mereka di babak kualifikasi Grup B di Moskow, Rabu (12/10) dini hari lalu. Berkat kemenangan itu, mereka menjadi juara grup dengan nilai 23 dari hasil 10 pertandingan, atau unggul dua poin atas Irlandia yang harus puas sebagai runner-up. “Selama ini saya tidak pernah memberi perhatian atas semua pemberitaan di media massa mengenai saya,” kata pelatih berusia 64 tahun itu lagi yang mendapat julukan ‘Jenderal Kecil’ karena tubuhnya yang kecil dan wibawanya yang besar. Sejak menggantikan pelatih karismatik yang juga rekan senegaranya, Guus Hiddink, sebagai juru taktik Rusia pada 2010, Advocaat

nah kehilangan kepercayaan padanya. Saya bisa katakan dia sudah menjadi orang Rusia sejak berada di sini,” imbuhnya. Sebelumnya, mantan arsitek Korea Selatan, Zenit St Petersburg, Belgia, dan AZ Alkmaar itu dianggap gagal memberikan darah baru bagi timnya. Selain itu, taktik yang dia terapkan dicela banyak pihak karena terlalu defensif. Salah seorang pengkritiknya ialah mantan pemain timnas Uni Soviet Yevgeny Lovchev. Lovchev yang kini menjadi kolumnis di salah sebuah surat kabar mengatakan tugas Advocaat belum selesai. ‘Kami memang menang, tapi tim masih belum meyakinkan’, tulis Lovchev di harian Sovietsky Sport, edisi Rabu (12/10). Berbeda dengan para pendahulunya, Advocaat mengaku tidak mau menjadi publik figur. Ia lebih suka memikirkan bagaimana meloloskan timnya ke putaran final. “Saya sudah menjadi pelatih cukup lama. Jadi, tidak ada yang perlu saya khawatirkan”. (AP/Rtr/Mln/R-4)

memang sering kali mendapat hujatan dari media lokal ataupun para pengamat sepak bola terkait dengan kebijakannya dalam memilih pemain. Namun, kini semua kritik lenyap dan berganti puja-puji. “Saya sudah kenal dia sejak masih di Zenit (St Petersburg),” cetus Fursenko yang merupakan mantan presiden Zenit. “Kami tidak pernah tidak setuju karena dia sangat profesional. Kendati dia seorang yang pragmatis, saya tidak per-

Dick Advocaat Pelatih Rusia AP


Terbit Setiap p Jumat

l

Edisi 14 Oktober 2011

l

Halaman 29

Ayo Belanja! Berbelanja itu menyenangkan. Sensasi puas yang menyeruak ketika mendapatkan barang idaman terasa begitu indah. Hmm, jika merasa demikian, tidak perlu khawatir. Anda tidak sendiri! NIA NOVELIA

enyusuri lorong-lorong mal, berbagai etalase yang tertata cantik en

menyalurkan ketegangan mental? Ratu Pop Britney Spears dalam www.millionlooks.

m memanjakan mata,, dan mengundang kaki melangkah

com menyatakan berbelanja benar-benar membantunya mengenyahkan perasaan

m masuk ke dalam toko. Persis seperti adegan dalam film

depresi yang dialaminya.

C Confessions of a Shopaholic, yakni ketika karakter R b Bl Rebecca Bloomwood yang dibintangi Isla Fisher selalu terjerat godaan berbelanja ketika melihat manekin dan barangbarang yang dipajang apik. Selanjutnya tentu bisa ditebak, senyum tertera di wajah sang pembeli ketika meninggalkan toko dengan membawa kantong-kantong belanjaan. Ah, berbelanja memang memiliki efek menyenangkan!

Britney dapat memasuki sebuah toko dan membeli berbagai barang yang disukainya, seperti misalnya tujuh pasang sepatu Gucci. Pelantun lagu Baby One More Time ini menyukai kegiatan berbelanja. Ia bahkan menyatakan demikian, “saya dapat menjadi orang paling merana di tengah tumpukan masalah, namun ketika saya pergi untuk membeli sepasang sepatu baru, perasaan saya bisa tiba-tiba membaik. Walaupun perasaan menyenangkan itu hanya sekejap, tetapi pada saat tersebut, itulah apa yang saya butuhkan.” Britney tidak sendiri. Penelitian yang tercatat dalam Journal of Psychology and Marketing di Amerika Serikat melihat berbelanja memiliki manfaat besar dalam peningkatan kondisi emosional.

Untuk Apa Belanja?

Penulis buku Retail Therapy: A Strategic Effort to Improve Mood Selin Atalay dan Margaret Meloy mengungkapkan efek positif berbelanja. “Ada konsekuensi positif pada saat membelikan diri sendiri sesuatu, yaitu perasaan lebih baik. Kemungkinan para praktisi sangat benar ketika mereka menarik konsumen dengan slogan-slogan yang mendorong mereka untuk berbelanja dengan royal.” Hasil penelitian studi Journal of Psychology and Marketing bahkan melihat konsumen tidak merasa menyesal dan merasa bersalah. Dari survei yang dilakukan kepada ratusan responden, hanya satu orang

Dilansir dari www.time.

31

yang merasakan perasaan

com, penulis buku Shoptimism Lee

bersalah setelah berbelanja.

Eisenberg menyatakan terdapat dua tipe pembeli yakni classic buyer dan romantic buyer.

Jangan Terjebak!

Classic buyer adalah konsumen yang membeli barang-barang sesuai dengan kebutuhannya, setelah mempertimbangkan secara rasional dan terlebih dahulu membandingkan harga.

pun k kegiatan berbelanja Walaupun

Berkebalikan dengan Romantic buyer yang membeli karena alasan romantis

membuat Anda merasa bahagia,

berdasarkan pertimbangan hati mereka

jangan sampai terjebak dalam jerat

seperti karena tren, ketertarikan terhadap

hutang. Kemudahan berbelanja dengan kartu kredit

desain, atau sebagai pelampiasan emosi.

misalnya, perlu disikapi dengan bijak. Kelebihan kartu kredit adalah

Pembeli tipe kedua ini persis seperti

jaringan luas, merchant banyak, atau berbagai diskon kerjasama. Kartu

yang dialami Victoria Beckham.

kredit memungkinkan seseorang membeli barang yang mahal tanpa

Dilansir dari www.millionlooks.com,

membawa uang tunai dan memiliki saldo

Victoria yang menghabiskan USD150.000/

tabungan yang cukup pada saat itu,

tahun untuk isi lemarinya mengakui obsesi

di samping dapat digunakan

belanjanya. “Saya tidak dapat menghentikannya.

untuk keperluan mendesak.

Ketika saya melihat sebuah benda yang saya sukai,

Tidak heran peminatnya

saya akan membelinya, bahkan saya akan membeli

banyak, www.investor.co.id

seluruh variasi warna yang ada. Kemudian saya akan

menyatakan sampai akhir

membeli seluruh variasi warna yang tersedia untuk

2010 total transaksi kartu

sepatu (maupun tas) yang dapat dipandankan dengan

GETTY IMAGES/LANE OATE

triliun, dengan 97,2% berasal

setiap hari. Saya benar-benar seorang wanita yang gila

dari transaksi belanja ritel,

belanja,” demikian ujar Posh Spice yang memiliki 30 buah

atau sebesar Rp158,6 triliun. Pintarlah berbelanja dengan mencermati manajemen kartu kredit. Bila Anda cenderung impulsif, bawalah uang tunai atau kartu debit, dan kartu kredit hanya digunakan ketika darurat. Belanja pintar juga dapat dilakukan ketika

Anti Depresi

Buying Goods Doing Good

kredit mencapai Rp163,7

benda tersebut. Jika saya bisa, saya akan pergi belanja

birkin bag Hermès dalam berbagai variasi warna.

32

diskon untuk mendapatkan harga dan kualitas terbaik, membeli keperluan

36 Berburu Perkakas di Hardware Shop

dalam jumlah besar sekali waktu untuk menghemat waktu dan biaya perjalanan, membandingkan harga, dan membuat daftar belanja sehingga

Menurut penelitian dari Stanford University dalam www.oprah.

dapat fokus pada kebutuhan dan bukan keinginan. Hindari juga berbelanja

com, lebih dari satu setiap 20 orang dewasa merupakan pembeli

ketika Anda sedang mengalami bad mood. Journal of Psychology and Marketing

kompulsif, yang membeli benda-benda yang tidak dibutuhkan,

menyatakan bahwa orang yang berbelanja dengan keadaan emosi yang jelek

digunakan, dan diinginkan. Sebabnya? Berbelanja bukan lagi semata-

cenderung membeli secara impulsif dan membeli barang untuk menghibur

mata sebagai pemenuhan kebutuhan praktis, melainkan untuk mengisi

diri. (Y-1)

kebutuhan emosional. Berbelanja dapat berarti hiburan, pengekspresian diri, dan bahkan sarana penyaluran stress. Benarkah berbelanja dapat

faye@mediaindonesia.com

39 Cermat dan Hemat Membeli Bahan Bangunan


Periode: 14 - 23 Okt 2011

)BOZB#FSMBLVEJGandaria City | Ratu Plaza | Kelapa Gading | Bintaro | Festivalcitylink Bandung | Panakkukang Makassar

SPECIAL OFFER! Khusus Kartu Kredit BNI

&

Diskon 10% - 25%* + SmartSpending 0% 6 Bulan Semua Produk Kecuali Handphone

LCD 32�

LCD 42�

Refrigerator

LCD 32�

LCD 42�

Rp. /unit

2.499.000

Home Theater

TH-L42U30G

TH-L32C22X

Rp. /unit

2 Door | Kapasitas 355 L NR-BW414VS1D

SC-XH10GAK

5.849.000

Rp. /unit

1.329.000

Rp. /unit

7.699.000

FRipEaE&!

P gan m e P asan

Refrigerator

1 Door | Kapasitas 160 L NR-A192S-B/H

Rp. /unit

1.539.000

Washing Machine

Top Loading | |Kapasitas 9 kg NA-F902BHSG Rp. /unit

Microwave

AC Split 1 PK

NN-ST340MTTE

CS/CU-S10MKP

2.369.000

Rp. /unit

4.529.000

Rp. /unit

1.349.000

LED 3D 32�

Blue Ray Player

LED 3D 32�

BD 550

32LW4500

Rp. /unit

6.199.000

Home Theater

Rp. /unit

2.649.000

AC Split 1 PK

Microwave

HT 806 PM

1.149.000

Rp. /unit

Refrigerator

Side by Side | Kapasitas 595 L GR-A217LGJ Rp. /unit

17.499.000

FRipEaE&!

P gan m Pe asan

Refrigerator

2 Door | Kapasitas 422 L GN-M492 CPC

Rp. /unit

5.759.000

Washing Machine

Front Loading | Kapasitas 7 kg WD-M8070TD Rp. /unit

S09LVX-2/3

4.829.000

Rp. /unit

3.999.000

MS-2147C

Rp. /unit

929.000

tHARGA DIATAS BELUM TERMASUK DISKON BNI t%BQBULBOHARGA SPESIALEJTFUJBQUPLP-055&.BSU)ZQFSNBSLFU t4FMBNBQFSTFEJBBONBTJIBEBEBOQSPEVLEBQBUCFSCFEBEJTFUJBQUPLP t4ZBSBUEBOLFUFOUVBOCFSMBLV LOTTE Mart Point Card t%BQBULBOGRATIS  UBOQBCFMBOKB IBOZBEFOHBONFOHJTJGPSNVMJSBQMJLBTJ  t$BTI#BDL TFUJBQQFNCFMBOKBBO3Q  t1PJOEBQBUEJHVOBLBOTFUFMBINFODBQBJNJOJNBM

Cabang LOTTE Mart Hypermarket : t(FEVOH(BOEBSJB$JUZ!-PXFS(SPVOE+BLBSUB4FMBUBO5FMQ  ] t3BUV1MB[B!-PXFS(SPVOE5FMQ  ] t'FTUJWBM$JUZ-JOL!-PXFS(SPVOE#BOEVOH 5FMQ  ] t.BMM1BOBLLVLBOH-U('-U1BOBLLVLBOH .BLBTTBS5FMQ  ] t,FMBQB(BEJOH+M3BZB#PVMFWBSE#BSBU,FMBQB(BEJOH+BLBSUB6UBSB5FMQ  ] t#JOUBSP+-.)5IBNSJO$#%"SFB,"7#-0,##JOUBSP+BZB4FLUPS,FM1POEPL+BZBo,&$1POEPL"SFO 5BOHFSBOH4FMBUBO

Temukan banyak lagi produk-produk promosi lainnya di Katalog & Flyer LOTTE Mart LOTTE Mart berhak melakukan pembatasan pembelian dalam jumlah besar.


Jumat, 14 Oktober 2011

ELECTRONIC CITY

31


32

Jumat, 14 Oktober 2011

Buying Goods Doing Good Saat berbelanja, tahukah bahwa Anda sebenarnya juga bisa berbagi kebaikan? JESSICA HUWAE AAT AA membeli suatu produk, pernahkah pr terpikir bahwa produk ter yang ya Anda beli mempunyai komitmen m terhadap kelangsungan alam dan kelangs fair trade? Jika ya, maka Anda tidak sendiri. Menurut www.triplepundit.com, statistik mencatat lebih dari 60% dari 9.000 responden ImagePower Green Brand Survey 2010 yang dilakukan di delapan negara (Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jerman, China, India, Brasil, dan Australia) memilih untuk membeli produk dari perusahaan yang ramah lingkungan. Perubahan iklim, penggundulan hutan, penghematan energi, pengurangan limbah, dan manajemen air telah menjadi isu yang dapat mempengaruhi pilihan Anda ketika membeli suatu produk. Abraham Maslow mengungkapkan bahwa ragam tipe kebutuhan manusia dapat terbagi menjadi kebutuhan fisik atau psikis. Menurut Maslow, motif konsumen berbelanja bisa jadi atas dasar pertimbangan kebutuhan keamanan, cinta, prestise, atau pemenuhan diri. Pertimbangan moral dan etika memang menjadi salah satu kecenderungan yang menggerakan pola konsumerisme seseorang dalam memilih produk merek tertentu dewasa ini.

S

Pilihan Anda Menentukan? Sangat! Produk yang berada di dalam keranjang belanja Anda bukan sekadar memberikan rasa senang

karena melakukan kebaikan. Produk pilihan tersebut juga menentukan keuntungan perusahaan. Fakta mengungkapkan bagaimana perusahaan bir Jerman terkemuka Krombacher menjadi pionir dalam melakukan strategi penjualan dan konsumerisme etis. Lewat sebuah iklan kampanye pada tahun 2002 yang kira-kira berbunyi, “satu kemasan Krombacher Pilsner yang Anda beli dapat menyelamatkan 1m2 hutan di Afrika”, penjualan Krombacher meningkat 8,1% pada tahun 2003. Pasca Krombacher, tren tersebut meruak ke berbagai perusahaan di berbagai kawasan. Danone Aqua, dilansir dari www. agua.com, misalnya hadir lewat kampanye Satu untuk Sepuluh. Program tersebut menyatakan bahwa setiap pembelian 1 liter kemasan Aqua berlabel khusus, maka Aqua berkomitmen untuk memberikan fasilitas penyediaan akses terhadap 10 liter air bersih di Nusa Tenggara Timur. Daftar perusahaan dengan kampanye serupa terus berlanjut. Kellogg’s Cornflakes hadir lewat kampanye Children in Need, atau Ritter Sport hadir dengan kampanye 1 bungkus coklat = 1 hari untuk belajar. Perusahaan coklat asal Jerman tersebut memang berkomitmen untuk mendonasikan 1,4 sen untuk alat-alat sekolah bagi anak-anak di Angola, Malawi, dan Rwanda melalui perpanjangan tangan UNICEF. (B-1) jessica@mediaindonesia.com

SXC.HU

Tips Belanja Ramah Lingkungan

SETELAH menyiasati kebutuhan berbelanja secara pintar untuk diri sendiri, tidak ada salahnya jika mulai menyiasati kebiasaan belanja supaya turut menjaga lingkungan sekitar. Anda akan terheran-heran jika melihat bagaimana hal kecil seperti kebiasaan belanja, memiliki pengaruh kuat terhadap berbagai keluhan manusia kepada bumi. Tentu tidak semuanya, tetapi setidaknya keluhan karena udara terasa semakin panas, kekurangan air bersih, iklim yang tidak teratur, polusi berkepanjangan, atau bahkan mengapa produk hasil tani semakin lama semakin terasa langka bisa dikurangi. Sedikit demi sedikit, lamalama menjadi bukit mungkin tepat untuk menilai bagaimana gaya belanja yang tepat dapat memutus rantai lingkaran setan pertambahan emisi karbon, mengurangi efek rumah kaca, dan menyeimbangkan ekosistem. Jadi tunggu apalagi? Pilihlah produk hijau dari sekarang. Mengingat dimana ada permintaan, pasti akan terdapat penawaran teori hukum ekonomi berbicara. Jika Anda ingin memelihara bumi, coba cermati beberapa tips berbelanja produk hijau dari http://www.dublin.ie berikut. Ingat, permintaan hijau konsumen dapat berarti penawaran produsen untuk menjaga bumi: Lakukan Daur Ulang Masih ingat 3R? Ya, Reduce, Reuse, dan Recycle menjadi hal pertama yang dapat Anda lakukan. Gunakan Botol Air Minum Pernahkah Anda memperhatikan seberapa sering Anda membeli dan meminum air kemasan? Bila cukup sering, maka ingatlah bahwa plastik merupakan salah satu benda yang sulit diuraikan tanah. Mulailah membawa botol minum yang dapat diisi ulang. Selain mengurangi sampah plastik, juga lebih hemat untuk pengeluaran (seperti potongan harga 50% di Starbucks misalnya). FREDY

Pilih Produk Hemat Energi Banyak sekali produk semacam ini. Anda dapat menemukannya mulai dari mobil hingga bola lampu hemat energi. Kendalanya adalah harga yang biasanya lebih mahal dibanding produk non-hemat energi. Tetapi jangan khawatir karena dengan pemakaian energi yang lebih rendah, Anda akan mendapatkan biaya operasional (tagihan bulanan listrik atau biaya bahan bakar) yang lebih murah. Sebuah investasi lebih di awal, untuk tersenyum puas di akhir. Membeli Produk Isi Ulang Pilihlah produk yang memiliki kemasan isi ulang. Anda tidak ingin bumi tertimbun oleh jutaan ton botol pembersih lantai, minyak goreng, sampo, atau sabun mandi cair bukan? Memilih Produk dalam Kemasan Terbesar Sampo ukuran terbesar, sabun mandi cair kemasan terbesar, sabun cuci pakaian kemasan terbesar, ah, Anda bisa menerapkannya dalam begitu banyak kebutuhan rumah tangga lainnya. Toh produk tersebut akan Anda taruh di rumah dan tidak dibawa selama perjalanan. Selain memiliki harga yang lebih murah, Anda juga tidak perlu sering-sering berbelanja bukan? Coba hitung biaya perjalanan dan emisi yang Anda kurangi, dan jangan lupa menerapkan 3R. Membeli Produk Daur Ulang Anda bisa saja menyelamatkan satu pohon dengan menggunakan kertas daur ulang. Tentunya Anda juga membuat mereka yang melakukan daur ulang tidak jemu dan merasa dihargai. Memilih Barang-Barang dengan Masa Pemakaian yang Lama Produk dengan daya tahan yang baik, memiliki masa pemakaian yang lebih lama. Dengan memilih produk tersebut, Anda dapat menghindarkan diri dari membeli produk tersebut secara terus menerus. Pakailah baterai isi ulang dibanding baterai sekali pakai, dan lain-lain. Produk elektronik pun demikian. Jika Anda bosan dan ingin membeli yang baru, maka Anda masih bisa memberikan atau menjualnya kepada orang lain.

Bijak dalam Berbelanja Cukup satu kalimat: berpikirlah dua kali sebelum membeli sesuatu – apakah Anda benarbenar membutuhkan produk tersebut? Membeli Barang Tangan Kedua Berarti Anda memaksimalkan masa penggunaan barang tersebut, sekaligus mengurangi energi yang seharusnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan Anda terhadap produk baru. Satu lagi keuntungan: tampilan klasik tidak pernah lekang dimakan waktu bukan? Menghindari Penggunaan Kemasan yang Tidak Perlu Apabila anda gemar berbelanja di supermarket, maka Anda dapat menemui produk bahan segar seperti daging dan ikan yang dikemas dengan styrofoam. Usahakan mengurangi penggunaan kemasan tersebut dengan membawa kotak plastik yang dapat digunakan terus menerus sebagai tempat ikan dan daging. Toh, Anda memang akan membuang dan memindahkannya ke tempat tersebut setiba di rumah. Memilih Produk Organik Lokal Memilih produk impor berarti Anda menyetujui pemakaian bahan bakar yang diperlukan dalam distribusi barang tersebut ke tempat Anda. Cobalah melirik produk lokal sebagai penggantinya. Selain memajukan ekonomi lokal, mungkin Anda akan mendapatkan hasil panen terbaik yang masih segar. Berbagi dengan Teman Bosan dengan isi lemari pakaian Anda? Hmm, daripada membeli produk baru, bagaimana jika Anda mencari teman dengan ukuran tubuh dan selera yang sama, dan saling bertukar pakaian atau aksesori. Apalagi, jika kalian sudah saling mengincar koleksi ‘harta karun’ masing-masing sejak lama. Atau Anda bisa saling berpatungan membayar biaya bensin dan menghindari three in one bersama rekan kerja yang memiliki tujuan searah dengan Anda. Mengapa tidak? Semuanya menyenangkan, hemat, dan menghargai lingkungan. Mari memulai! (Nia Novelia/Y-1)


Jumat, 14 Oktober 2011

     

    




36

Jumat, 14 Oktober 2011

Yuk,

Berburu Perkakas!

Tinggal di rumah yang nyaman dengan perabotan-perabotan cantik adalah sebuah kesenangan bagi pemiliknya. Selama lima tahun terakhir, kebutuhan akan pencarian perkakas untuk memperindah rumah meningkat secara global. Ekspansi berbagai hardware shop pun menjadi sebuah tren tersendiri di berbagai belahan dunia. FAYE YOLODY SIKSTA ALIA

seorang pengunjung sebuah hardware shop di Jakarta, kemarin. Di sisi lain, banyaknya penjaga yang kerap berjaga hampir di setiap sisi, memudahkan pembeli bertanya lokasi barang yang dicari, juga sebagai tempat berkonsultasi soal penggunaan perkakas untuk rumahnya. Dhatu Rembulan, seorang staf purchasing di sebuah stasiun televisi mengakui kebiasaannya berbelanja perkakas berawal dari kesukaannya melihat-lihat perabotan yang unik. Akhirnya, tak puas hanya melihat, ia menjadi ‘kecanduan’ membeli barang-barang di hardware shop, seperti bingkai foto, rak, laundry bag, lampu, serta karpet. “Belanja di hardware shop sangat nyaman karena tidak perlu antre panjang seperti di supermarket. Para pelayannya pun sangat mengerti ketika ditanya soal bahan, ukuran, dan warna,” ungkap Dhatu. Keberadaan hardware shop, selain untuk memenuhi kebutuhan berbelanja, juga menjadi sarana penyaluran hobi mendekorasi. Seorang selebriti Hollywood, Courtney Cox, contohnya. Ia sangat menyukai mendandani rumah secara detil, mulai dari pembagian ruang sampai interiornya. Mulai AP PHOTO/NATI HARNIK

dari memilih warna pigmen cat, memakai lantai berbahan dasar oak, dinding kaca, bahkan penataan lampu dalam ruangan juga ia perhatikan. Tina Fey pun memiliki pendapat serupa dengan menyatakan, “I am a big believer in Intelligent Design, and by that I mean I love

NDUSTRI hardware di Amerika, seperti yang N di dilansir dari situs www.ibisworld.com, sedang

Hal itulah yang dimanfaatkan oleh para pelaku industri. Menengok negeri sendiri, Indonesia, globalisasi dan free

IKEA!” Sementara, presenter dalam negeri, Uli Herdinansyah yang

m menghadapi tantangan besar karena permintaan

trade AFTA yang dicanangkan oleh ASEAN semenjak 2005

kerap mengisi rumahnya dengan berbagai peralatan yang

ko konsumen akan berbagai produk meningkat.

silam membuat persaingan bisnis menjadi semakin ketat.

berkualitas, menganggap kegiatan berbelanja di hardware shop

pe Urutan jenis perkakas yang diminati dari tingkat teratas adalah

Indonesia menangkap sinyal tersebut, sehingga wajar bila kita

adalah sebuah hiburan.

perangkat berat, perlengkapan berkebun, peralatan mengecat,

dengan mudahnya menjumpai hardware shop di pusat-pusat

material bangunan seperti plumbing dan sanitary.

perbelanjaan. Pendekatan yang dilakukan selain menyediakan

pintarnya para pelaku industri hardware berpromosi membuat

jenis-jenis barang yang lengkap, juga menjuga mengutamakan

hardware shop kian eksis.

Menurut data statistik dalam situs tersebut, pendapatan yang diperoleh dari industri hardware tahun 2010 mencapai

kenyamanan berbelanja.

US$21.024 juta dengan kenaikan 1,2 %. Konsumennya 90% berasal dari rumah tangga, bukan dari perusahaan atau B to B business.

Apalagi mereka terus mengedepankan kenyamanan pelangan, semisal dengan menyediakan member card untuk

Sebuah hiburan Kini, berbelanja di hardware shop sudah seperti ketika kita

Di Australia, pertumbuhan industri hardware retailing

Selain dari segi ketersediaan barang dan pelayanan,

melakukan window shopping di department store atau trade center.

memberikan potongan harga pada konsumen apabila melakukan repetitive buying. Untuk itu, konsumen perlu mengetahui perkakas macam apa

diperkirakan juga meningkat, akan mencapai 2,2% pada 2011-

Ketika melangkahkan kaki ke toko, berbagai produk rumah

yang sesuai dengan kebutuhan rumah tangga dan jeli melihat

2012. Tentunya pergerakan ini selain dipengaruhi oleh fase

tangga, elektronik, hingga mainan anak-anak berjajar di setiap

promo apa yang sedang berlangsung.

pemulihan dari kondisi ekonomi global, nilai tukar mata uang,

rak dengan pemisahan spot yang jelas. Hal itu memperluas

dan investasi asing, juga dari frekwensi perpindahan rumah

pasar pembeli, tak hanya perorangan atau pasangan, tapi juga

berhak berkonsultasi sejelas-jelasnya dengan para penjaga di

dan jumlah pendapatan rumah tangga konsumen sendiri.

keluarga besar.

hardware shop favorit. (B-1)

Logikanya, dengan bertahannya perekonomian suatu negara,

Satu hal lagi, perlu diingat pula bahwa konsumen selalu

“Saya senang karena hardware shop dilengkapi dengan tempat

daya beli masyarakat terhadap produk ritel pun meningkat, seperti

bermain anak, jadi anak saya juga bisa beraktifitas dan tidak

faye@mediaindonesia.com

yang dialami oleh beberapa negara di Asia, termasuk Indonesia.

merasa bosan ketika saya berbelanja,” kata Suharso Raharjanto,

siksta@mediaindonesia.com

Belanja Pintar Elektronik PERANGKAT elektronik yang beredar dewasa ini di tanah air semakin banyak saja, mulai dari perangkat teknologi tinggi, maupun perangkat elektronik untuk kebutuhan sehari-hari. Konsumen pastinya semakin senang melihat ragam variasi yang banyak ditawarkan, tetapi tidak jarang juga semakin bingung dalam memilih perangkat elektronik apa yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan. Selain kualitas dan desain produk apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih barang elektronik yang sesuai untuk Anda? Butuh atau ingin? Ukur kebutuhan Anda sebelum membeli, jangan sekadar membeli barang-barang yang Anda inginkan. Untuk kategori alat pendingin seperti AC dan kulkas, misalnya pastikan Anda mengukur kebutuhan beban. Perhatikan jumlah bahan makanan yang akan dimasukkan ke kulkas dari sekarang hingga beberapa tahun ke depan untuk kulkas, dan mengukur luas ruangan yang akan dipasangi alat pendingin. Biaya lain Selain besar listrik yang akan digunakan, pertimbangkan juga tempat (space), dan biaya pemeliharaan operasional. Bukan sekadar membeli, pastikan Anda dapat memenuhi biaya operasional pemeliharaan alat elektronik tersebut. Brand matters Terkadang sebuah produk dengan kualitas yang sama memiliki harga

yang berbeda jauh karena perbedaan merek. Namun jangan juga tergoda memiliki barang sangat murah bila ternyata tidak tahan lama atau biaya pemeliharaannya yang sangat tinggi. Layanan Purna Jual Layanan purna jual terkadang tidak menjadi pertimbangan utama pembeli dalam memilih produk elektronik, padahal layanan ini cukup penting. Bagaimana bila produk yang sudah dibeli rusak. Pertimbangkan juga tipe suku cadang tersebut masih dalam proses produksi sampai beberapa tahun ke depan. Jangan sampai terkecoh membeli produk yang murah karena tipe tersebut dan komponen yang dibutuhkan untuk memperbaikinya ternyata sudah tidak diproduksi lagi. Umur produk Sebuah barang elektronik tentu tidak akan bertahan selamanya. Apakah Anda akan memakai produk tersebut selama lima tahun misalnya. Jangan sampai setelah Anda melakukan pembelian sebuah barang elektronik dengan pengeluaran tidak sedikit, Anda baru menyadari bahwa umur produk yang Anda beli tidak lama. (Nia Novelia)

FREDY


38

UNITED BIKE

Jumat, 14 Oktober 2011


MITRA 10

Jumat, 14 Oktober 2011

3 39

Cermat Hemat

di Toko Bahan Bangunan EMILIKI aset bangunan EM

yang tersedia terbatas dan ukuran

terpercaya, jangan hanya karena sekadar

se seperti rumah, apartemen,

kamar mandi kecil. Sementara kloset

murah. Perhatikan kualitas dan asal

ru ruko, sampai rukan adalah

duduk membutuhkan biaya lebih mahal

produksi pabriknya, cek lisensi resmi, dan

ha hal yang sangat berarti.

namun jauh lebih efektif, hanya perlu

periode masa garansinya.

U t k menyempurnakan kepuasan Untuk

menekan tombol untuk melakukan

tersebut, tentu perawatan dan penggunaan

penyiraman. Bahkan, sekarang banyak

space yang tersedia, lalu sesuaikan dengan

produk-produk interiornya harus sesuai.

kloset duduk dengan sistem siram

jumlah dan bentuk kabinet maupun sink

Namun, seringkali kita bingung, bahan

otomatis.

yang Anda butuhkan. Selain itu, pikirkan

material dan warna seperti apa yang

• Kloset duduk dengan sistem flush

sebaiknya digunakan tanpa membuat jebol

presure assisted dan gravity-fed. Pada

kantong kita. Berikut beberapa tipnya:

flush pressure assisted, sistem penyiraman

● Warna dinding mempengaruhi suasana ruangan. Ketika memilih cat, bacalah petunjuk teknisnya, misalnya cat 1 kg bisa mengecat dinding seluas apa, gunanya untuk menghindari kekurangan atau kelebihan cat yang Anda beli.

● Untuk bagian dapur, perhatikan luas

apakah Anda memerlukan pemisahan dapur kering dan dapur basah Anda. ● Sekarang ini, teknologi kompor sudah

terdengar lebih berisik namun bebas

cukup tinggi dengan dilengkapi display

penyumbatan. Sedangkan gravity-fed,

LCD canggih, fitur kontrol suhu bergaya

air akan menyedot dari bawah sehingga

mewah, jam dan timer. Tentukan terlebih

suaranya lebih tenang, tapi rentan

dahulu apakah Anda membutuhkan itu

terhadap penyumbatan.

semua, atau cukup hanya kompor dengan

• One-piece toilet adalah tidak ada pemisahan antara tangki dan

mesin penyaring asap saja? ● Perhatikan ventilasi dan sirkulasi

mangkuk kloset, sedangkan two-piece

udara di sekitar dapur Anda untuk

kandungan logam merkuri (Hg) dan timbal

toilet memisahkan antara tangki dan

mengantisipasi apabila gas yang Anda

(Pb) dan sangat berbahaya bagi anak-anak.

mangkuknya sehingga bentuk tangki

gunakan mengalami kebocoran, juga untuk

Jadi pilihlah cat yang terdapat lambang

bisa dibeli terpisah dan disesuaikan

menghindari udara sumpek akibat asap

lingkaran hijau pada kemasannya.

bentuknya.

masakan.

Cat dinding yang baik bebas dari

● Hal yang vital dan berpengaruh pada

• Kloset duduk dengan desain yang

● Demi keamanan, pastikan Anda

kenyamanan adalah kloset. Pastikan bentuk

memenuhi aturan Disabilities Act

memilih gembok yang sesuai dengan

kloset yang Anda pilih juga sesuai dengan

(ADA) bisa dipilih apabila salah satu

lingkungan rumah maupun bentuk pagar.

kenyamanan keluarga. Inilah beberapa

anggota keluarga ada yang memiliki

Anda bisa memilih gembok dengan sistem

jenisnya yang patut dipertimbangkan:

keterbatasan fisik.

double lock untuk menjaga keamanan, atau gembok berukuran panjang apabila pegangan

FREDY

• Kloset jongkok bisa dipilih bila dana

● Belilah kloset di toko bangunan

pada pagar berjarak jauh. (Faye Yolody/Y-1)



Media Indonesia