Issuu on Google+

TANPA NADAL SPANYOL UNGGUL

MATIKAN TELEVISI HIDUPKAN KOMUNIKASI

Bermain di depan pendukung lawan tidak menjadikan tim Spanyol kehilangan kemampuan. Selangkah lagi mereka menuju semifinal Piala Davis.

Maraknya program televisi khusus untuk bayi membuat orang tua terbuai, sengaja membiarkan anaknya menonton tanpa diimbangi komunikasi nyata.

Sport, Hlm 5

Life & Family, Hlm 15

AP/ERIC GAY

Pemasangan Iklan & Customer Service: 021 5821303 No Bebas Pulsa: 08001990990 e-mail: cs@mediaindonesia.com Rp2.900/eks (di luar P. Jawa Rp3.100/eks) Rp67.000/bulan (di luar P.Jawa + ongkos kirim)

MI/ WENDY MEHARI

M I N G G U , 10 J U L I 2 011 | N O .110 8 0 | TA H U N X L I I | 2 4 H A L A M A N

PPATK Kaji Aliran Dana Kasus Kemenpora

Berguru pada Konsultan Percintaan

Partai Demokrat tidak akan melakukan investigasi internal terkait dengan 109 transaksi mencurigakan.

PENGANTAR: Kata orang, jodoh di tangan Tuhan. Toh, para lajang tidak menunggunya dengan berpangku tangan. Berbagai upaya, dari biro jodoh sampai pelatihan dan konsultasi percintaan, bisa dilakukan demi menemukan pasangan impian. Berikut laporannya pada halaman 1 dan 6.

AKHMAD MUSTAIN

M

YOSUA Omimaru, 20-an tahun, pernah yakin bahwa romansa antara laki-laki dan perempuan ialah sesuatu yang datang dengan sendirinya, alamiah. Sampai pacarnya, tahun lalu, berselingkuh. Hubungan mereka pun berakhir. “Inilah milestone saya, lalu mengikuti Hitman System,” ujarnya. Hitman System bukan biro jodoh. Ia merupakan konsultan dan penyedia pelatihan menyangkut masalah perasaan. Analogi Yosua, biro jodoh ialah pasar ikan, dan orang-orang yang butuh ikan tinggal mendatanginya. Hitman System, kata dia, menyediakan pemahaman berguna untuk menangkap ikan. “Mulai dari membuat pancing, umpan, dan sebagainya yang bisa digunakan kapan saja dan di sungai, kolam, atau laut mana saja,” imbuh dia. Lex dePraxis, pendiri sekaligus pelatih utama Hitman System, lebih senang menyebutnya professional relationship consultant. Biro jodoh biasanya mempertemukan dua pencari pasangan, sedangkan perusahaan yang berdiri sejak 2006 ini tidak begitu. Menurut Lex, “Pertemuan itu tidak berarti apa-apa bila orang-orang yang dipertemukan tidak memiliki kemampuan komunikasi. Persoalan relationship tidak sekadar pertemuan. Ada sisi lain, yaitu komunikasi, pengembangan diri demi meningkatkan kemampuan komunikasi sosial dan hati.” Relationship menyangkut hubungan sepasang manusia, lelaki dan perempuan. Singkatnya, hubungan percintaan. Hubungan yang hendak dijalin bukan sekadar dari hasil dipasang-pasangkan lalu dipertemukan. Fokus Hitman System ialah pengembangan diri lewat konsultasi dan pelatihan yang diselenggarakan. Dengan upaya itulah Yosua sadar bahwa romansa ialah permainan penuh bahaya antara pria dan wanita. Dari situ pula ia menumbuhkan kepercayaan diri dan daya kepemimpinan. (Dvd/M-3) AP/VINCENT THIAN/REUTERS/BAZUKI MUHAMMAD/DAMIR SAGOLJ

Oposisi Malaysia Unjuk Kekuatan

MI/ AGUS M

PASANGAN KEKASIH: Hubungan percintaan hendaknya dijalin bukan sekadar dari hasil dipasang-pasangkan lalu dipertemukan.

PAUSE

Olahraga Kurangi Sikap Agresif Anak SEBUAH penelitian dari Tel Aviv University, Israel, menemukan bahwa olahraga dapat mengurangi tingkat agresivitas pada anak-anak, khususnya anak laki-laki. Penelitian yang dilakukan Karen Shahar itu melibatkan 649 anak dari kalangan sosial ekonomi rendah. Selama penelitian, program olahraga rutin dapat meningkatkan kontrol diri, disiplin, dan menurunkan tingkat agresivitas anak-anak secara menyeluruh. Penelitian itu menunjukkan olahraga lebih berdampak pada anak laki-laki ketimbang anak perempuan. Alasannya, anak perempuan sering tidak mengalami masalah agresivitas dan kurang tertarik berolahraga. (*/Zeenews/X-4)

PIHAK berwajib Malaysia kemarin menahan lebih dari 1.400 pengunjuk rasa yang menuntut reformasi pemilu di negara tersebut. Demonstrasi yang didukung kelompok oposisi dari Koalisi Bersih itu mendesak PM Najib Razak membuat undang-undang pemilu yang lebih adil dan transparan. Sebelumnya, sekitar 20 ribu pengunjuk rasa antipemerintah memadati jalan-jalan protokol di Kuala Lumpur. Itulah unjuk rasa terbesar sejak 2007. Polisi mengambil langkah pengamanan dengan menutup sejumlah kawasan dan stasiun kereta api.

Meski dihalangi, demonstran tetap bergerak dengan meneriakkan ‘hidup rakyat’. Untuk membubarkan aksi, polisi menembakkan gas air mata. Saksi mata menyebut polisi menyeret sejumlah demonstran dan memasukkan mereka ke truk tahanan. Sejumlah restoran dan pertokoan tidak beroperasi. Anwar Ibrahim, tokoh utama kelompok oposisi, mengalami luka ringan saat kelompoknya diserang gas air mata. “Kami bukan penjahat, kami hanya menuntut pemilu yang jujur dan adil,” tegas Nurul Izzah, putri Anwar Ibrahim. (*/AP/Reuters/I-1)

ESKI banyak pihak membantah tudingan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin tentang aliran dana ilegal ke kantong mereka, tidak lama lagi satu per satu bukti akan terkuak. Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menemukan 109 transaksi mencurigakan terkait kasus dugaan suap di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dalam proyek Wisma Atlet untuk SEA Games di Palembang. Kasus itu sendiri melibatkan Nazaruddin. Dalam diskusi Kepak si Burung Nazar di Jakarta, kemarin, Ketua Kelompok Regulasi PPATK Fithriadi Muslim mengungkapkan transaksi mencurigakan itu mengalir ke lembaga dan individuindividu. Namun, dia enggan menyebut lembaga atau individu penerima aliran dana itu. “Tidak bisa saya memberi tahu nama-nama itu. Paling-paling tidak beda jauh dengan yang gencar diberitakan akhir-akhir ini,” kata Fithriadi. Selain Fithriadi, berbicara pula dalam diskusi itu Koordinator Divisi Monitoring Hukum Indonesia Corruption Watch (ICW) Febri Diansyah, pengamat politik dari Universitas Nanyang Singapura Sulfikar Amir, dan anggota Komisi III DPR Martin Hutabarat (Gerindra). Berdasarkan transaksi mencurigakan itu, nominal tertinggi untuk lembaga mencapai Rp154 miliar dan untuk individu mencapai Rp50 miliar. PPATK terus mengkaji transaksi mencurigakan itu untuk mencari tahu kepastian sumber dana dan pihak-pihak penerima dana. Dalam kasus dugaan suap di Kemenpora, KPK telah menetapkan empat tersangka. Salah satunya Nazaruddin. Kini keberadaan Nazaruddin tidak diketahui sete-

Kubu Reformis Kuasai PSSI TERPILIHNYA Djohar Arifin Husin sebagai Ketua Umum dan Farid Rahman sebagai Wakil Ketua Umum PSSI periode 2011-2015 merupakan kemenangan besar kubu reformasi. Pasalnya, mereka merupakan pihak yang diusung kelompok tersebut setelah George Toisutta-Arifin Panigoro ditolak maju dalam kongres. Nama Djohar dan Farid mengemuka setelah kelompok reformasi berdiskusi di Hotel

Sheraton, Yogyakarta, Jumat (8/7) malam. Tak tanggungtanggung, pertemuan yang dikabarkan melibatkan 53 pemilik suara itu langsung dipimpin Toisutta-Panigoro. Meskipun demikian, kelompok properubahan mengklaim terpilihnya Djohar-Farid ini merupakan kemenangan seluruh rakyat Indonesia. Mereka akan menjadi perintis reformasi sepak bola Indonesia. “Ini merupakan kemenangan seluruh rakyat Indonesia.

MI/ ROMMY P

Djohar Arifin Husin

kubu reformasi dari Persisam Samarinda, Yunus Nusi. Di sisi lain, wacana menempatkan Toisutta-Panigoro ke dalam struktur PSSI kembali menguat. Mengenai hal itu, baik Djohar maupun Farid tidak berkomentar. Mereka memilih no comment dan mengambangkan situasi. (HA/R-2)

Ketua Umum PSSI Semoga ini bisa menjadi awal reformasi sepak bola Indonesia,” ucap salah satu anggota

Kirimkan tanggapan Anda atas berita ini melalui e-mail: interupsi@mediaindonesia.com atau mediaindonesia.com

lah Kemenlu Singapura mengatakan anggota Komisi VII DPR itu sudah keluar dari ‘Negeri Singa’ beberapa pekan lalu. Dia menjadi buron polisi internasional. Meski begitu, dari tempat persembunyian, Nazaruddin terus membuat elite Demokrat gerah. Dia menyebut sejumlah elite partai pemerintah itu mendapat aliran dana ilegal termasuk ketua umumnya, Anas Urbaningrum. Anas membantah dan melaporkan Nazaruddin ke polisi.

Tidak beda jauh dengan yang gencar diberitakan akhir-akhir ini.” Fithriadi Muslim Ketua Kelompok Regulasi PPATK Proses hukum Ketika menanggapi temuan PPATK itu, juru bicara KPK Johan Budi mengaku pihaknya belum mendapat laporan 109 transaksi mencurigakan dari PPATK. “KPK sejak awal bekerja sama dengan PPATK. Namun, laporan lengkap termasuk 109 transaksi itu belum diterima KPK,” katanya. KPK sudah membentuk tim pembekuan aset Nazaruddin. Di pihak lain, Partai Demokrat menyerahkan sepenuhnya temuan PPATK itu pada mekanisme hukum. Wakil Sekjen Partai Demokrat Ramadhan Pohan di Jakarta, kemarin, meminta agar polemik semacam itu segera diakhiri. Ia mempersilakan penegak hukum membongkar kasus tersebut. Ramadhan menambahkan Demokrat tidak akan melakukan investigasi internal terkait dengan temuan PPATK itu. Ia juga meminta PPATK menyerahkan temuan transaksi mencurigakan itu kepada pihak berwenang sehingga dapat ditindaklanjuti. (Mad/*/X-4) mustain@mediaindonesia.com


POLKAM

2

Interupsi

MINGGU, 10 JULI 2011

Selengkapnya di mediaindonesia.com

Benahi Distribusi dan Produksi

Marzuki Alie Minta SBY Selamatkan Demokrat Manuver salah satu kubu di elite Partai Demokrat di tengah polemik kasus Nazaruddin. FAARDIANSAH NOOR

B

MI/ANGGA YUNIAR

PENGANTAR OPERASI pasar yang dilakukan Perum Bulog belum mampu meredam kenaikan harga beras. Di sejumlah daerah, harga beras masih terus naik. Kenaikan itu memicu harga bahan makanan lain seperti gula pasir, telur, daging ayam, dan sayur-sayuran. Kondisi tersebut memaksa warga mulai mengalihkan konsumsi mereka dari nasi ke bahan makanan lain, seperti nasi jagung, nasi tiwul, atau nasi dengan singkong. Berbagai tanggapan pembaca disampaikan melalui Mediaindonesia.com, Facebook Harian Umum Media Indonesia, dan interupsi@mediaindonesia.com. Berikut petikannya.

ELUM usai Partai Demokrat diterjang prahara oleh manuver mantan Bendahara ha Umum Partai Demokrat M Nazaruddin melalui pesan Blackberry Messenger dari Bl tempat persembunyiannya di te luar lu negeri, kini muncul modus serupa. se Sejak akhir pekan lalu beredar ed pesan pendek (SMS) mengatasnamakan Wakil Ketua Deat wan w Pembina Partai Demokrat Marzuki Alie yang ditujukan M kepada Ketua Dewan Pembina ke Partai Demokrat Susilo BamPa bang Yudhoyono untuk meba nyelamatkan partai dari friksi ny antarkader dan kelompok. SMS an

tersebut juga diteruskan ke seluruh anggota Dewan Pembina Partai Demokrat. Padahal, menjelang rapat koordinasi nasional (rakornas) di Sentul pada 23 Juli mendatang, Partai Demokrat justru seharusnya merapatkan barisan. Tudingan Nazaruddin yang menyatakan sejumlah petinggi partai menerima aliran uang dari kasus korupsi di lingkungan Kementerian Pemuda dan Olahraga menbuat citra partai pemenang Pemilu 2009 tersebut makin tergerus di mata rakyat. Pasalnya, mereka kini dianggap tidak konsisten mengusung jargon dan komitmen sebagai partai antikorupsi. Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Achmad Mubarok mengaku memang ada SMS dari Marzuki Alie yang dikirimkan untuk Ketua Dewan Pembina Susilo Bambang Yudhoyono. Selain kepada SBY, pesan singkat itu juga ditembuskan kepada anggota dewan pembina, ter-

MI/SUSANTO

Achmad Mubarok Anggota Dewan Pembina PD masuk dirinya. “Biasalah Pak Marzuki kan se-ring seperti itu. Sebagai dewan pembina memberi masukan. Tapi enggak ada yang nanggapin tuh,” kata Mubarok saat dihubungi Media Indonesia di Jakarta, kemarin. Namun, Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat Ramadhan Pohan menyayangkan informasi dari wakil ketua dewan pembina ke ketua dewan pembina disampaikan melalui SMS. Itu tidak terlalu efektif. “Ya biasa saja. Wajarlah ada SMS

seperti itu. Tapi akan lebih utuh informasinya kalau lewat rapat. SMS kan kapasitasnya terbatas. Jadinya juga kita bingung maksud sebenarnya apa,” jelasnya, kemarin. Baik Mubarok maupun Ramadhan sama-sama menepis anggapan SMS itu sebagai salah satu upaya menggembosi kepemimpinan Anas Urbaningrum. Isu yang berhembus, ajang rakornas akan digiring menjadi kongres luar biasa (KLB). Saat dimintai konfirmasi, Marzuki Alie mengaku memang telah mengirimkan SMS kepada Ketua Dewan Pembina terkait kondisi internal terakhir partai. Dalam pesan singkat yang ditujukan kepada SBY, Marzuki meminta agar Yudhoyono segera mengambil tindakan tegas kepada kader yang saling serang secara terbuka. Sebab, saling serang antarpengurus sudah terjadi beberapa kali. Selain itu, manajemen Demokrat kini sudah tidak efektif.

Namun, Marzuki membantah jika dikatakan maksud mengirimkan SMS tersebut untuk mendegradasi kepengurusan DPP di bawah Ketua Umum Anas Urbaningrum. Menurutnya, hal itu dilakukan semata-mata untuk menyelamatkan Demokrat dari kehancuran. “Memang betul SMS itu buat Pak SBY dan di-CC ke seluruh anggota dewan pembina. Saya hanya tidak ingin PD hancur karena kadernya cakar-cakaran sendiri,” ujarnya kepada wartawan, kemarin. Karena itu, mantan Sekjen DPP Partai Demokrat itu berharap agar SMS tersebut tidak dibesar-besarkan karena itu hal wajar di internal partai. Marzuki menduga ada anggota dewan pembina yang membocorkan isi SMS-nya kepada SBY sehingga menimbulkan polemik baru di masyarakat. (*/Ant/P-2) fardiansah@ mediaindonesia.com

Molor BAPAK kita ke mana? Hanya tidur dan molor di atas kursinya. Immawan Pujianto Guners

Tiada Guna BAGUS, kalau sudah begini, kan ujung-ujungnya impor lagi. Tanah luas, petani banyak tiada gunanya. Shiftandar Rajasagala

Siapa yang Bikin? PADA akhirnya kenaikan harga barang lainnya. Ayo siapa yang bikin nih, ngaku? Titis Sari

Tidak Sesuai LHO kok tidak sesuai dengan pidatonya sih! Monyet Lupa Hutan

Cari THR DALAM rangka mencari THR, bagaimana lagi? Tiap tahun akan selalu terulang dan terulang lagi. Aryadi Yadi

Wong Cilik Susah WONG cilik mikire sa’ikie mangan opo yo? Tapi kalau wong pintar mikire sisuk mangan sopo yo? Hehehe, begitu loh rumus sekarang. Yang bakalan susah ya wong cilik tuh. Biarlah yang penting enggak kelaparan. Masih punya stok kan? Fahmi Putra

Jangan Mimpi APA ini yang dikatakan pemerintah ekonomi kita meningkat? Yang ada malah harga kebutuhan pokok yang melambung. Selama pemerintah hanya memfokuskan pada ekonomi sektor makro, jangan pernah bermimpi Indonesia ini akan makmur. Yang ada malah utang luar negeri bertambah. Harga melambung naik dan masyarakat kita hidup dalam drama dunia mimpi yang kejam. Refly Riccardo

Tidak Punya Target HARUS bagaimana lagi atuh? Salah kita juga milih pemimpin yang enggak punya target apa-apa, pemimpin satgas. Mohamad Sakarulloh

Tambah Miskin JANJINYA menyejahterakan rakyat, nyatanya menyengsarakan rakyat. Harga beras naik rakyat menangis. Bahan pokok harganya selangit. Rakyat kecil pada menjerit. Oh, di manakah letak keadilan di negeri ini? Yang kaya makin kaya, yang miskin tambah miskin. Ar’s Lazuarda

Peningkatan PT biar Parpol Kerja Keras BE BERBAGAI alasan dilontarkan partai besar untuk meningpa katkan ambang batas parleka men (parliamentary treshold/ m PT). Termasuk untuk memacu PT kinerja parpol sehingga bekki erja keras untuk bisa masuk er parlemen. pa Hal itu diungkapkan anggota Komisi II DPR dari Fraksi go Partai Demokrasi Indonesia Pa Perjuang an Arif Wibowo di Pe Jakarta, kemarin. Ja Ia menjelaskan PT yang diusulkan PDI Perjuangan, yakni us 5%, tidak terlalu tinggi. 5% “Bagi saja 100 dengan 5, itu kan bisa di atas 10 partai. Tentuka nya jika perolehan merata. Kany rena itu, partai-partai di bawah re itu juga perlu untuk bekerja lebih keras,” ujarnya. leb Dia menegaskan bahwa peningkatan PT yang mempe buat parpol bekerja keras akan bu memperkuat sistem politik dan m pelembagaan partai. pe Hal senada diungkapkan anggota Fraksi Partai Golkar an Nurul Arifin. “Idealnya PT N 5%. Kita kan sama-sama ingin 5% memiliki politik yang bermum tu,” cetus Nurul. Tapi, Ketua tu Umum DPP Partai Hanura U Wiranto menyebutkan perW bedaan 1%-2% dalam penenbe tuan PT hanya sebagai bahan tu kompromi dan omong kosong ko parpol besar. pa “Itu omong kosong. Kalau dibilang cuma buat menyederdi hanakan partai menjadi dua ha atau tiga parpol saja, langsung at saja bikin angka PT menjadi sa 30%,” tegas Wiranto seusai 30 melantik Badan Pemenangan m Pemilu (Bappilu) di Kantor Pe DPP Partai Hanura, Jakarta, D kemarin. ke Menurutnya, perubahan PT pada Pemilu 2014 tidak perlu pa jauh kisarannya dari 2,5% yang jau berlaku pada Pemilu 2009. Pasalbe nya, jika terlalu besar, akan memny buang banyak suara rakyat. bu

BAPPILU HANURA: Ketua Umum Partai Hanura Wiranto (kanan) mengangkat tangan bersama Ketua DPP Hanura Yuddy Chrisnandi, seusai pelantikan dan Rapat Kerja I Bappilu Pusat Partai Hanura di Kantor DPP Hanura, Jakarta, kemarin. Dengan keteladanan dan persatuan kader membangun organisasi yang solid, Partai Hanura bertekad memenangi Pemilu 2014. MI/RAMDANI

“Hanura memilih angka 3% saja pada Pemilu 2014. Biar semangat penyederhanaan ada, tapi tetap mewakili rakyat,” tukasnya. Dia menyebutkan, dengan PT 3% Partai Hanura menargetkan perolehan minimal 1 kursi DPR di setiap daerah pemilihan (dapil) pada Pemilu 2014. “Tiga tahun lalu kita mendapat perolehan suara sebesar

Idealnya PT 5%. Kita kan samasama ingin memiliki politik yang bermutu.” Nurul Arifin Anggota Komisi II DPR Fraksi Partai Golkar

3,7%. Seharusnya nanti bisa dua kali lipat. Kalau tiga kali lipat, mungkin saja. Empat kali lipat juga mungkin asalkan ada kerja keras dari kita bersama,” cetus Wiranto. Dia menyebutkan pembentukan Bappilu Partai Hanura yang paling cepat ketimbang partai lain menunjukkan partai yang dipimpinnya siap bersaing dalam Pemilu 2014, yang akan

berlangsung sangat ketat. Sementara itu, Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar menyatakan partainya menargetkan perolehan suara sebesar 18% pada Pemilu 2014. “Target perolehan suara itu tidak terlalu muluk,” ujar Muhaimin seusai melantik pengurus DPW PKB Daerah Istimewa Yogyakarta di Yogyakarta. (Mad/*/P-4)

Islam Perlu Dipahami secara Utuh SITUASI umat Islam ataupun hubungan antarumat beragama di sejumlah daerah merisaukan. Apabila itu dibiarkan, tidak hanya mengancam semangat pluralisme di negeri ini, tetapi juga menyulut ketegangan di kalangan umat Islam. Becermin pada situasi seperti itu, cendekiawan muslim Abdul Moqsith Ghazali menegaskan kembali perlunya pembaruan pemikiran Islam. Menurutnya, di tengah situasi zaman yang kian kompleks, manusia tidak cukup hanya bersandar pada pemikiran-pemikiran keislaman lama. Apa yang dirumuskan ulama terdahulu mungkin bisa memecahkan persoalan yang terjadi pada

PEDULI PLURALISME: Massa yang mengatasnamakan Komunitas Peduli Pluralisme melakukan aksi solidaritas di depan Lapangan Merdeka, Medan, Sumatra Utara, beberapa waktu lalu. ANTARA/IRSAN MULYAD

saat itu, tetapi belum tentu dapat menjadi solusi di masa sekarang. Apalagi, tambah Moqsith, dengan banyaknya usaha yang mengerdilkan Alquran, cara pandang baru pun mutlak diperlukan. “Jika sebagian orang memberikan tekanan yang terlampau kuat pada aspek hukum dalam Alquran, kita harus mendalaminya dengan pemahaman utuh tentang wawasan moral-etik Alquran,” kata Moqsith dalam pidato Pembaruan Islam di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Jumat (8/7) malam. Dosen UIN Syarif Hidayatullah dan Paramadina itu menyatakan keprihatinannya ketika Islam sering dijadikan ladang

persemaian diskriminasi dan dehumanisasi oleh beberapa kelompok tertentu. Tindakan tersebut telah merambah pada kelompok minoritas. Menurut Moqsith, ‘perang’ seolah telah mendominasi diskursus umat Islam dewasa ini. Kekerasan atas nama agama pun kerap terjadi, terutama di kalangan internal umat Islam sendiri. Kekerasan tersebut, kata Moqsith, bukan bentuk penghukuman terhadap orang yang bersalah, tetapi lebih pada pembantaian kepada mereka yang tidak berdaya. Mengutip cendekiawan muslim Said al-Asmawi, kata Moqsith, Islam dikehendaki Allah sebagai agama, tetapi para pe-

meluknya yang membelokkannya menjadi politik-siyasah. Dengan demikian, Moqsith menganggap berdirinya Indonesia dengan Pancasila dan UUD 1945 tidak bertentangan dengan risalah kenabian. Artinya, umat Islam tidak perlu mengusulkan Negara Islam Indonesia. “Bukan hanya karena di negara ini umat Islam telah bebas beribadah, tetapi juga karena Alquran dan hadis tidak menyuruh kita untuk mendirikan negara Islam.” Saat menanggapi pidato Moqsith, pendiri Jaringan Islam Liberal (JIL) Ulil Abshar Abdala menambahkan hal tersebut menjadi edukasi publik di bidang keagamaan. (*/P-2)


U MUM

MINGGU, 10 JULI 2011

3

Ada 3 Jurusan Pendidikan yang Wajib Dapat Prioritas MENTERI Pendidikan Nasional Mohammad Nuh menegaskan jurusan teknik, pertanian, dan sains di perguruan tinggi harus mendapat prioritas perhatian. Ketiga jurusan itu dianggap menjadi kunci bagi Indonesia untuk memperkecil ketertinggalan dari negara maju. Namun, kata Nuh, jumlah mahasiswa teknik di negara ini masih minim, baru sekitar 11% dari total mahasiswa yang ada. Begitu pula dengan jurusan sains dan pertanian, yang bahkan baru berjumlah sekitar 3%. “Ke depan kalau mau menaikkan produk domestik bruto, harus ditingkatkan jumlah (mahasiswa) dari ketiga jurusan ini,” imbuh Nuh saat memberikan orasi ilmiah pada sidang terbuka Institut Teknologi Indonesia (ITB) memperingati 91 tahun Pendidikan Tinggi Teknik Indonesia di ITB, di Bandung, kemarin. Terlebih, lanjut dia, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah memberikan instruksi agar jumlah mahasiswa pada ketiga bidang itu dapat meningkat hingga dua kali lipat pada tahun 2015 mendatang. Tentunya, kata Nuh, untuk menaikkan kapasitas mahasiswa di ketiga jurusan tersebut

bukanlah perkara yang mudah. Lantaran itu, dirinya berharap, kampus ITB bisa menjadi motor penggerak pendidikan bidang sains dan teknik. Lebih jauh dikatakan, setidaknya ada dua skenario untuk meningkatkan angka partisipasi dan kualitas melalui relevansi. Pertama, dengan meningkatkan angka partisi-pasi kasar (APK). Caranya, lanjut Nuh, dengan mendirikan perguruan tinggi baru. Kedua, masyarakatnya harus disiapkan. Lulusan SMA sede-rajat seyogianya harus memperoleh akses dan kesiapan termasuk mereka yang berasal dari ekonomi bawah. Dikatakan Nuh, APK perguruan tinggi sekarang 26%. Artinya, jumlah mahasiswa hanya 5,2 juta dari total penduduk Indonesia. Pada perhelatan itu, ITB juga memberikan penghargaan Ganesa Prajamanggala Bakti Adiutama pada Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad. Selain Fadel, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan juga mendapat penghargaan serupa. Alumni ITB lainnya, yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, mendapat penghargaan Ganesa Prajamanggala Bakti Kencana. (AX/Ant/S-6)

MI/ANGGA YUNIAR

BNI SETIA MELAYANI: Direktur Utama Bank BNI Gatot M Suwondo (kiri) memberikan piala BNI Olimpic kepada CEO BNI Kantor Wilayah Jakarta Senayan Adi Sulistyowati, saat peringatan HUT Ke-65 Bank BNI yang bertema Setia Melayani di Ballroom Hotel Ritz-Carlton, Pacific Place, Jakarta, tadi malam.

Pungutan terhadap Siswa Baru masih Terjadi Yang cukup mengherankan, ialah besarnya pungutan tidak disertai perincian. Orang tua atau wali murid juga diharuskan membayar kontan tanpa ada cicilan. AKHMAD SAFUAN

M AP/PETE MULLER

MERAYAKAN KEMERDEKAAN: Sejumlah warga bergembira di jalanjalan untuk merayakan kemerdekaan negara Sudan Selatan di Juba, Sudan, kemarin. Negeri kaya minyak itu merdeka setelah melalui referendum kemerdekaan yang digelar pada Januari lalu.

Sudan Selatan Resmi Menjadi Negara Baru PULUHAN ribu warga Sudan Selatan turun ke jalan-jalan merayakan kemerdekaan negara itu dari Sudan, kemarin. Mereka berpesta dan menari sambil meneriakkan nama Presiden Sudan Selatan, Salva Kiir Mayardit. Negeri kaya minyak ini merdeka setelah melalui referendum kemerdekaan yang digelar Januari lalu. Referendum ini merupakan bagian kesepakatan damai yang dibuat Sudan Selatan dan Sudan Utara pada 2005 untuk mengakhiri perang sipil yang telah berlangsung selama 20 tahun. Sedikitnya dua juta jiwa tewas dan empat juta lainnya harus mengungsi selama konflik tersebut. Perayaan resmi kemerdekaan Sudan Selatan digelar di Mausoleum John Garang, tempat pemimpin pemberontak yang menandatangani kesepakatan damai dengan utara. Ketua Majelis Legislatif James Wani Igga membacakan proklamasi kemerdekaan dan disusul dengan pelantikan Salva Kiir sebagai presiden. Dengan kemerdekaan ini, Republik Sudan Selatan akan menjadi negara ke-193 di PBB dan ke-54 di Afrika. Upacara peringatan dihadiri Presiden Sudan Omar al-Bashir, Sekjen PBB Ban Ki-moon, mantan Menlu Amerika Serikat Colin Powell, dan utusan tetap AS untuk PBB Susan Rice. Presiden Bashir menjadi ne-

gara pertama yang mengakui kemerdekaan Sudan Selatan. Bashir menyatakan siap bekerja sama dengan negara baru itu. “Kerja sama antara kami akan berjalan luar biasa, terutama ketika dalam menjaga perbatasan. Warga kami berlalu lalang melalui perbatasan ini,” kata Bashir yang menjadi penanda tangan kesepakatan damai. Menyusul terpisahnya Sudan utara dan selatan ini, kedua negara menghadapi tantangan besar untuk menjaga stabilitas. Kedua negara harus menyusun perbatasan baru dan membagi kekayaan minyak dan utang Sudan. Para analis mengatakan, Sudan akan fokus menegosiasikan penghasilan minyak karena sebagian besar ladang minyak ada di selatan. Saat ini, penghasilan masih dibagi bersama. Sementara itu, untuk mengamankan perdamaian di negara yang baru terbentuk tersebut, Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) sepakat menerjunkan 7.000 personel pasukan penjaga perdamaian untuk Sudan (UNMISS). “Ini sebagai petanda, kuatnya dukungan terbentuknya negara Sudan Selatan,” kata Duta Besar Jerman untuk PBB Peter Wittig, kemarin. Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon menunjuk Hilde Johnson sebagai ketua misi UNMISS. (*/Reuters/AP/I-2)

ESKI telah dilarang oleh sejumlah pihak, termasuk para pejabat Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas), praktik pungutan dalam penerimaan siswa baru masih saja terjadi. Ironisnya, pungutan itu tidak hanya pada tingkat sekolah menengah atas (SMA), tetapi juga sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP). Padahal, pemerintah pusat melalu Mendiknas dengan tegas menyatakan bahwa pendidikan tingkat SD dan SMP gratis, seiring diberlaku-

kannya program pendidikan dasar sembilan tahun. Sayangnya, jauh panggang daripada api. Praktik pungutan dengan berbagai macam dalih terus terjadi. Bahkan nilainya mencapai jutaan rupiah. Di Kabupaten Semarang, Pekalongan, Pati, dan Kota Semarang, Jawa Tengah, misalnya, siswa baru tingkat SD dan SMP diminta membayar sumbangan sebesar Rp300 ribu hingga Rp1,3 juta. Sebuah nominal yang sangat memberatkan, khususnya bagi siswa tidak mampu yang penghasilan orang tuanya di bawah Rp50 ribu per hari. Adanya pungutan itu diakui Ketua Fraksi Partai Demokrasi

Indonesia Perjuangan (PDIP) di DPRD Kabupaten Semarang, The Hok Hiong. “Saya telah mendapatkan banyak laporan tentang pungutan tersebut. Oleh karena itu, saya minta agar sekolah segera mengembalikan karena itu melanggar instruksi menteri,” tegasnya, kemarin. Dia menyebutkan sekolah yang melakukan pungutan, di antaranya SMP Negeri 1 Bergas, Semarang, dengan besar Rp1,3 juta per siswa dan SMP Negeri 2 Jambu, Semarang, dengan nilai pungutan Rp300 ribu bagi siswa yang naik kelas VIII. Yang cukup mengherankan, lanjut The Hok Hiong, besarnya pungutan tidak disertai perincian sehingga membingungkan orang tua calon siswa. Apalagi pungutan itu harus dibayar kontan tanpa ada cicilan. Saat menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Ka-

bupaten Semarang Dewi Pramuningsih berjanji segera mendata sekolah yang melakukan pungutan. Wali Kota Pekalongan Basyir Achmad juga mengatakan akan menindak tegas kepala sekolah yang melakukan pungutan itu. Masih dari Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Temanggung, sejumlah peserta didik baru yang masuk ke SMA Negeri 2 Temanggung juga diharuskan membayar sumbangan dengan rata-rata Rp6,25 juta per siswa. Adanya sumbangan itu diakui Subakir, orang tua siswa asal Desa Lamuk, Kecamatan Tlogomulyo, Temanggung. Ia mengaku ditarik biaya sebesar Rp6,25 juta setelah anaknya diterima di salah satu sekolah di Kecamatan Tlogomulyo. Perinciannya, Rp5 juta untuk membayar uang gedung dan Rp1,25 juta untuk seragam sekolah.

Akan ditindaklanjuti Atas temuan tersebut, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung Bagus Pinuntun berjanji akan mengecek kebenaran praktik pungutan tersebut. Selain di Jawa Tengah, praktik pungutan dari pihak sekolah juga terjadi di Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sulawesi Utara. Sejumlah orang tua murid di SD Negeri Mandiri 1 Kota Cimahi, Jawa Barat, mengaku diwajibkan membayar dana sumbangan pendidikan (DSP) sebesar Rp2,8 juta. Sumbangan itu diminta oleh komite sekolah. Praktik yang sama juga diakui Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda. Bahkan Ayi menyatakan sudah menyiapkan sanksi bagi para pelaku. (TS/YK/Ant/N-2) achmad_sapuan @mediaindonesia.com

Percepat Ganti Rugi Lahan Puso LUAS lahan sawah yang mengalami gagal panen (puso) akibat serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) selama semester I 2011 mencapai 21.587 hektare (ha) atau lebih besar ketimbang setahun lalu. Pemerintah diminta mempercepat realisasi janji kompensasi bagi petani yang mengalami puso tersebut. Saat dihubungi, kemarin, Direktur Perlindungan Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Erma Budiyanto mengatakan pihaknya mencatat luas serangan OPT selama JunuariJuni 2011 mencapai 433.402 ha. Adapun pada semester I 2010, luas serangan OPT utama padi sebesar 365.136 ha dengan tingkat puso 4.990 ha. “Itu karena empat kali tanam padi terus-menerus karena

hujan cukup. Biasanya kan diselingi palawija. Karena kondisinya basah, risiko hamanya berlanjut. Rekomendasi saya, potong siklus hidupnya dan tanam padi dilakukan serempak,” jelas Erma. Untuk mengantisipasi masa tanam berikutnya, kementerian memberikan bantuan pestisida dan merekomendasi bantuan benih. Secara terpisah, pengamat pertanian Khudori mengatakan kompensasi bagi petani yang terkena puso harus segera diwujudkan. Jika tidak, momentum tanam akan terlewat dan efektivitas bantuan pemerintah itu menjadi tidak optimal. “Sebaiknya sebulan setelah puso sudah bisa diberikan.” Sebab, lanjut Khudori, budi daya pertanian sangat diten-

MI/SUSANTO

Petani yang puso di bawah 75% tetap mendapat bantuan dengan mekanisme lain.” Hatta Rajasa Menko Perekonomian

tukan iklim dan momentum tanam. Misalnya, petani puso pada April, tetapi dana kompensasi baru turun pada Juni. Selang dua bulan itu bisa berakibat kekurangan air pada masa panen. “Kalau petani tidak punya dana, dia berharap dari penggantian. Tapi kalau tidak turun-turun, momentum tanamnya bisa lewat. Petani bisa rugi lagi, puso lagi,” papar Khudori. Ia mengakui verifikasi soal lahan puso sangat penting. Namun, perlu ada upaya untuk memotong birokrasi agar tidak memperlambat proses ganti rugi. “Itu bisa melibatkan organisasi petani untuk verifikasi atau buffer. Lurah juga pasti tahu berapa jumlah puso dan lahan itu punya siapa.” Pemerintah memastikan dana kompensasi puso akan

dikucurkan mulai pertengahan bulan ini. Pencairan dana itu akan dicanangkan secara nasional di Klaten, Jawa Tengah, 15 Juli mendatang. Kompensasi per petani mencapai Rp3,7 juta per ha, meliputi Rp1,1 juta untuk pengadaan pupuk dan Rp2,6 juta untuk tenaga kerja, seperti biaya pengolahan lahan dan pemanenan. Pencairan dana, ujar Menko Perekonomian Hatta Rajasa, akan disalurkan melalui rekening gabungan kelompok tani. Petani yang menerima bantuan pun hanya yang tingkat lahan pusonya minimal 75%. “Petani yang puso di bawah 75% tetap mendapat bantuan dengan mekanisme lain, misalnya bantuan pupuk dan benih,” paparnya di Bandung, kemarin. (*/AX/Ant/E-3)


4

S PORT

MINGGU, 10 JULI 2011

Politik Uang Nodai Kongres Luar Biasa PSSI

Djohar Arifin Siap Mereformasi Kepengurusan

Jauh sebelum kongres luar biasa PSSI digelar, isu politik uang sudah bergulir.

KEGAGALAN pola kepemimpinan Nurdin Halid dipastikan tidak akan diteruskan oleh kepemimpinan baru PSSI periode 2011-2015. Hal itu bahkan menjadi agenda utama program kepengurusan Ketua Umum PSSI yang baru Djohar Arifin Husin. Dalam keterangan yang disampaikannya selepas dinobatkan sebagai Ketua Umum PSSI periode 2011-2015, Djohar menandaskan bahwa dirinya mengusung misi perubahan. Dengan demikian, hanya orang-orang yang memiliki visi dan misi yang sama dengannya yang akan menempati kursi di kabinetnya. “Saya hanya ingin perubahan di tubuh PSSI. Sebagai presiden PSSI, saya akan memilih menteri-menteri yang bisa sependapat dengan kita,” ucap Djohar di sela-sela Kongreslub PSSI di Solo, Jawa Tengah, kemarin. Ada lima program yang diusung Djohar. Pertama, melakukan efisiensi dalam administrasi persekpabolaan. Kedua, meningkatkan kas PSSI. Ketiga, membangun fasilitas persepakbolaan di Tanah Air dengan standar internasional. Keempat, melakukan pembinaan usia dini sebagai fondasi timnas di masa depan. Kelima, menyiapkan perangkat pertandingan yang bermutu

ASNI HARISMI

K

E K H AWAT I R A N akan adanya kericuh an dalam kongres luar biasa PSSI ternyata tidak terbukti. Suasana kekeluargaan justru tecermin dalam kongres ketiga pemilihan Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan anggota Komite Eksekutif PSSI periode 2011-2015 yang dilangsungkan di Solo, kemarin. Sayangnya, keharmonisan yang terlihat di permukaan tersebut ternoda dengan adanya politik uang yang ramai beredar di kalangan para voter. Demi memuluskan jalan mereka menuju kursi tertinggi di PSSI, uang dalam jumlah besar disebut-sebut digelontorkan beberapa calon demi mendapatkan suara. Bahkan salah seorang calon ketua umum dan wakil ketua umum dikabarkan telah menggelontorkan dana US$15 ribu (setara Rp127,6 juta) per suara. Jumlah itu konon baru sekadar uang pembuka dan belum termasuk uang tambahan lain jika pasangan itu betul-betul melenggang sebagai PSSI-1 dan PSSI-2. Meski tidak diketahui pasti nominal vitamin ini, diperkirakan jumlahnya sekitar Rp200 juta-Rp500 juta. Hal tersebut diungkapkan sendiri Manajer Maung Bandung Deni Susanto. Menurut dia, nominalnya sudah ditawarkan sejak sebelum Kongres PSSI di Jakarta, 20 Mei lalu. Adapun tempat transaksinya di Hotel Crown Plaza, Jakarta. “Pada 19 Mei lalu, saya dita-

MI/ROMMY PUJIANTO

KETUA UMUM BARU PSSI: Djohar Arifin Husin (kiri) dan Farid Rahman terpilih sebagai Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum PSSI periode 2011-2015 dalam Kongres Luar Biasa PSSI di The Sunan Hotel, Surakarta, Jawa Tengah, kemarin. wari US$15 ribu untuk diambil di Hotel Crown oleh seseorang supaya suara saya dialihkan ke calon tertentu,” tukas Deni ketika ditemui di Solo, Jawa Tengah, sebelum kongreslub dimulai. Belakangan, Maung Bandung tidak memiliki hak suara di kongreslub lantaran tidak hadir pada pertandingan terakhir Divisi 3 kontra ISP Purworejo. Deni menuturkan hal ini karena Maung Bandung mengikuti turnamen World Intercity di Malaysia. Akibatnya, mereka turun ke posisi 11, sedangkan yang berhak memilih dalam kongres, yakni 10 tim teratas.

Pertemuan rahasia untuk bagi-bagi angpau dilaporkan juga terjadi Solo. Pada Jumat (8/7) malam, sumber Media Indonesia menyatakan, sekitar 35 pemilik suara hadir dan siap menyumbangkan suaranya untuk salah satu kandidat Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum PSSI 2011-2015. Di sisi lain, tim sukses lainnya juga melakukan politik dagang suara. Menurut juru kampanye pasangan tersebut yang tidak mau disebutkan namanya, mereka sudah mengantongi 65 suara berdasarkan absen yang hadir saat melakukan konsolidasi di hotel di Yogyakarta.

Adanya politik uang ini juga diperkuat dengan pernyataan salah satu kandidat ketua umum yang mengundurkan diri, yakni Jusuf Rizal. Presiden LIRA ini menyatakan mundur dengan pertimbangan tidak kuat dengan politik uang yang terjadi dalam persaingan bakal calon. “Saya tidak kuat menghadapi kekuatan kelompok yang lebih banyak uangnya. Setiap calon sudah mempersiapkan diri dengan matang dan logistik yang cukup,” kata Jusuf. Dua putaran Dalam acara pemilihan, Djohar Arifin Husin akhirnya ter-

pilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2011-2015, menggantikan Nurdin Halid. Mantan Staf Ahli Menpora itu terpilih sebagai pemenang setelah bertarung dalam dua putaran dengan rival terdekatnya, Agusman Effendi. Pada putaran pertama, Djohar memperoleh 53 suara, unggul dari Agusman yang hanya meraih 39 suara. Kemudian di putaran kedua, Djohar menang dengan 61 suara, mengungguli Agusman yang hanya meraih 38 suara, sedangkan 1 suara lainnya tidak sah. (LN/FR/ WJ/Era/FH)

seperti pelatih dan wasit. “Jadi, mereka tidak lewat begitu saja, tidak mendapatkan keahlian bersepak bola sehingga tidak tercungkil bakatnya,” imbuh Djohar. Pembinaan ini pun dilakukannya dengan pertimbangan timnas ke depannya. Ia berjanji akan mencari bakat-bakat sampai tingkat kampung, bukan hanya terpaku pada pemain-pemain yang ada di Liga Super Indonesia karena ia percaya masih banyak pemain yang bakatnya belum dipoles. “Pemain-pemain harus yang terbaik tidak ada batasan antara ikut kompetisi atau tidak ikut kompetisi, di luar itu pun akan kita cari,” tegas Djohar. Bukan hanya persoalan PSSI yang menjadi fokus program Djohar, ia juga memikirkan nasib Liga Primer Indonesia (LPI). Hal ini sesuai dengan mandat Komite Normalisasi yang sudah memutuskan untuk merangkul LPI di bawah PSSI. Namun, detail lebih lanjut menjadi tanggung jawab kepengurusan baru. “Model LPI ini sangat kita perlukan karena kebanyakan klub kita saat ini belum mandiri. Padahal, sekarang ada ketentuan tidak boleh menggunakan dana APBD untuk pembiayaan klub,” tandas Djohar. (Asni Harismi/R-3)

Biodata Nama lengkap: Djohar Arifin Husin Tempat, tanggal lahir: Tanjung Pura, Kalimantan Barat, 13 September 1950 Nama istri : Marina Hutabarat

Pekerjaan saat ini: - Plt Wakil Sekjen PSSI - Guru besar di Universitas Islam Sumatra Utara bidang Agronomi, Agrobisnis, dan Sosiologi Pedesaan. Profesi sebelumnya: -Staf ahli Menpora -Ketua Pengda Sumatra Utara -Sekretaris Jenderal KONI

asni@mediaindonesia.com

Cile dan Peru Selangkah Menuju 8 Besar BELUM lagi hilang keterkejutan para penggemar sepak bola setelah melihat performa buruk dua raksasa Amerika Latin, Argentina dan Brasil di Copa America 2011, kini publik kembali dikejutkan dengan penampilan gemilang Cile dan Peru. Meski belum bisa memastikan diri lolos ke perempat final, keberhasilan mereka memuncaki klasemen sementara Grup C setidaknya menjadi sensasi tersendiri. Betapa tidak, dengan empat poin yang mereka kumpulkan hasil dari dua pertandingan, boleh dibilang Cile dan Peru tinggal selangkah lagi lolos ke babak perempat final. Mereka bahkan selangkah lebih maju ketimbang Uruguay yang baru mengoleksi dua poin. Padahal sebelum dimulainya turnamen, Uruguay yang merupakan semifinalis Piala Dunia 2010 lalu difavoritkan sebagai salah satu kandidat juara. Bersama dengan Meksiko, La Celeste--julukan Uruguay-dijagokan bakal melenggang dari Grup C. Namun, faktanya justru kedua tim ‘favorit’ itu yang mengalami mimpi buruk. Meksiko, juara Piala Emas, bahkan

sudah dipastikan tersingkir di babak penyisihan grup akibat menelan dua kali kekalahan. Terlepas dari banyaknya pemain muda yang mereka turunkan di Copa America ini dan sejumlah kasus yang menjerat beberapa pemain timnas mereka menjelang turnamen, kenyataannya Tri Colour kali ini gagal mempertontonkan dirinya sebagi tim tangguh. Dengan demikian, tinggal tiga tim yang kini masih berpeluang lolos ke delapan besar. Ironisnya, dalam laga terakhir nanti Meksiko hanyalah batu loncatan bagi tim lain. La Celeste memang dituntut harus menang dalam pertandingan terakhirnya melawan Meksiko, Rabu (13/7) nanti jika ingin lolos ke babak selanjutnya. Itu pun mereka masih harus menunggu hasil pertandingan Cile kontra Peru. Pasalnya, jika Cile bermain imbang dengan Peru dan Uruguay berhasil mengatasi Meksiko, ketiga tim akan memiliki nilai sama, lima. Karena itu harus dilihat selisih gol mereka. Untuk sementara, posisi Cile dan Peru saat ini relatif lebih nyaman. Kesuksesan itu mereka dapat dari hasil pertanding-

AP/RAMON ESPINOSA

JEBOL GAWANG: Pemain Peru Paolo Guerrero (kanan) berhasil menjebol gawang Meksiko yang dikawal Luis Michel dalam lanjutan babak penyisihan Grup C Copa America 2011 di Argentina, kemarin dini hari. an, kemarin dini hari. Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Malvinas Argentinas, Peru berhasil mengalahkan Meksiko 1-0. Satunya gol kemenangan tim besutan Sergio Markarian ini dicetak José Paolo Guerrero menit 82.

‘’Sekarang kami berada dalam motivasi tinggi untuk mengalahkan Cile dan kami sangat optimistis,’’ cetus Guerrero selepas pertandingan. Beberapa jam sebelumnya, Uruguay kembali harus mengalami kenyataan pahit seusai

ditahan imbang Cile 1-1. Sempat unggul lebih dulu lewat gol Alvaro Pareira menit 53, Uruguay akhirnya harus puas kembali memetik satu poin setelah Alexis Sanchez berhasil menyamakan kedudukan menit 64. (AP/Rtr/*/R-3)

KISI-KISI Stadion Manchester City Ganti Nama

Wenger Pagari Fabregas dan Nasri

MANCHESTER City secara resmi mengonfirmasi pergantian nama markas mereka dari Stadion City of Manchester menjadi Stadion Etihad. Pergantian itu terjadi setelah ketua eksekutif klub berjuluk the Citizen itu, Garry Cook, kemarin menandatangani nota kesepakatan dengan Etihad Airways. Dalam kesepakatan itu, pihak City disebut-sebut setuju untuk bekerja sama dengan pihak Etihad Airways selama 10 tahun untuk mengembangkan kerja sama komersial keduanya secara signifikan. Sebelumnya, Etihad telah mensponsori kaus klub. ‘’Kami senang mengumumkan perpanjangan kemitraan kami bersama Etihad Airways selama 10 tahun. Kemitraan ini tidak hanya akan mencakup kaus klub, tetapi juga Stadion Etihad. Daerah di sekitar stadion juga akan dikenal sebagai Kampus Etihad,” jelas Cook. Tidak disebutkan berapa nilai kesepakatan baru City dengan Etihad tersebut, tetapi media di Inggris berasumsi bahwa nilainya mencapai 100 juta pound sterling (setara Rp1,3 triliun).

KECEMASAN besar tengah menggelayuti arsitek Arsenal Arsene Wenger. Bukan karena timnya akan menghadapi pertandingan penting, melainkan karena kabar eksodus besar-besaran pemain bintang mereka, termasuk Samir Nasri dan Cesc Fabregas. Dua gelandang jempolan the Gunners itu terus diburu sejumlah klub raksasa Eropa. Fabregas bahkan sempat disebut-sebut tinggal selangkah lagi untuk kembali ke klub masa kecilnya, Barcelona. Demikian halnya dengan Nasri. Pemain asal Prancis itu juga sempat digosipkan bakal segera bergabung dengan Manchester City. ‘’Posisi kami selalu sama, kami ingin mempertahankan Cesc (Fabregas). Saya akan berjuang keras untuk mempertahankan dia,’’ tegas arsitek asal Prancis itu dikutip dari laman daring klub, kemarin. ‘’Sama halnya dengan Samir Nasri. Kami akan melakukan apa pun juga untuk tetap mempertahankannya,’’ imbuhnya. Untuk itu, Wenger mengaku akan membawa kedua pemain itu dalam tur mereka ke Asia. “Dia (Nasri) akan ikut dalam tur Arsenal ke Asia. Tetapi Fabregas mungkin tidak akan ikut karena dia masih cedera otot. Dia akan tinggal dan berlatih di sini,” tandasnya. (Rtr/*/R-3)


S PORT

MINGGU, 10 JULI 2011

5

Tim Tinju SEAG Terbentuk

PERJUANGAN FERRER: Petenis Spanyol David Ferrer berjuang menyelamatkan bola yang dilepaskan Andy Roddick dalam laga perempat final Piala Davis Grup Dunia di Austin, Texas, AS, kemarin. Ferrer menang 7-6(9), 7-5, 6-3 dan untuk sementara membawa Spanyol unggul 2-0.

PENGURUS Pusat Persatuan Tinju Amatir Indonesia (PP Pertina) bergerak cepat dengan membentuk tim inti untuk SEA Games XXVI. Ada enam petinju putri dan delapan putra yang akan tampil pada November mendatang. Mereka dipilih berdasarkan evaluasi terhadap latihan, latih tanding, turnamen, dan penampilan pada turnamen Piala Presiden XXI di Jakarta, yang berakhir Jumat (8/7). M e n u ru t K e t u a B i d a n g Teknik dan Kepelatihan PP Pertina Ferry Moniaga, pihaknya bergerak cepat agar bisa mempersiapkan petinju dengan baik. Apalagi mereka bakal tampil dalam kejuaraan Asia di Incheon, Korea Selatan, Agustus mendatang. Keenam petinju putri tersebut, seperti disitat Antara, adalah Apriliani Tombeg (46 kg), Selly Wanimbo (48 kg), Irene Sasihiang (51 kg), Norbertha Tajum (54 kg), Welmi Pariama (57 kg), dan Siti Aisyah (60 kg). Untuk putra, Denny Hitarihun (49 kg), Julio Bria (52 kg), Dadan Amanda (56 kg), Mathias Mandingan (60 kg), Vinky Montolalu (64 kg), Taufan Paransa (69 kg), Alex Tatontos (75 kg), dan Nazaruddin (81 kg). Ketua Umum PP Pertina Setya Novanto menegaskan

pihaknya puas dengan hasil yang diraih para petinju di Piala Presiden. ‘’Saya pikir mereka sudah menunjukkan yang terbaik dan kita berharap peak mereka di SEA Games nanti. Jadi tidak masalah walau kita gagal merebut medali emas di Piala Presiden,’’ ujar Novanto di Jakarta, kemarin. Dalam ajang itu, Indonesia meraih delapan perunggu karena delapan petinjunya hanya sampai semifinal. Jepang berhak atas Piala Presiden sebagai juara umum karena meraih tiga emas. Untuk the best boxer putri diraih Claire Ghabriel (Australia). Adapun untuk putra, walau timbul pertanyaan, ditetapkan Julio Bria dari tim Garuda. “Rasanya senang dan bangga. Ini kali pertama saya bermain di turnamen Piala Presiden,” kata Julio. “Saya masih punya banyak waktu untuk persiapan SEA Games karena target saya merebut medali emas.” Di sisi lain, Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) sudah mengambil empat sampel petinju. “Seusai pertandingan, atlet yang dipilih langsung digiring dan dikawal ketat guna dilakukan proses pengambilan urine. Pemilihan sampel berdasarkan sistem acak,” jelas Wakil Ketua Umum LADI Haryo Yuniarto. (*/R-2)

REUTERS/MIKE STONE

Tanpa Rafael Nadal Spanyol Ungguli AS 2-0 Bermain di depan pendukung lawan tidak menjadikan tim Spanyol kehilangan kemampuan. Selangkah lagi mereka menuju semifinal Piala Davis. EKO SUPRIHATNO

P

ERJUANGAN berat yang diperlihatkan David Ferrer dan Feliciano Lopez dalam perempat final turnamen tenis beregu putra Grup Dunia tidak sia-sia. Mereka untuk sementara membawa Spanyol unggul 2-0 atas Amerika Serikat di Austin, Texas, kemarin. Lopez menuntaskan perlawanan Mardy Fish 6-4, 3-6, 6-3, 6-7(2), 8-6. Kemudian pada tunggal kedua, giliran Ferrer unjuk kemampuan dengan menundukkan Andy Roddick 7-6(9), 7-5, 6-3. Absennya petenis nomor dua dunia Rafael Nadal tidak menjadikan kekuatan Spanyol berkurang. Penampilan Lopez, yang merupakan pemain kidal,

mampu mempermalukan Fish di depan pendukungnya saat tampil di lapangan dengan jenis permukaan hard di Frank Erwin Center. Lopez dan Fish pada ajang grand slam Wimbledon lalu sama-sama masuk ke perdelapan final. ‘’Ini berarti banyak buat saya. Saya sudah menunjukkan grafik permainan meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Namun, bermain di sini sangat spesial karena Mardy bukan lawan yang mudah ditaklukkan,’’ ujar Lopez seusai menaklukkan peringkat delapan dunia tersebut. Kemenangan itu membuat Lopez begitu gembira. Sebab sepanjang empat pertemuan yang sudah mereka lakoni, baru kali ini ia bisa mengalahkan Fish. ‘’Jelas gembira setelah

Ketika saya menang pada set pertama, kepercayaan diri saya makin tebal dan saya yakin bisa memenangi laga ini.” David Ferrer Petenis Spanyol melewati permainan selama 4 jam lebih,’’ tambahnya. Dalam pertandingan berikutnya, Ferrer menunjukkan dirinya pantas menang atas peringkat 10 dunia Andy Roddick. Dia memaksa penonton menelan pil pahit melihat dua local hero tumbang. ‘’Ketika saya menang pada set pertama, kepercayaan diri saya makin tebal dan saya yakin bisa memenangi laga ini,’’ ujar Ferrer, peringkat enam dunia. Namun, ia tidak membantah bahwa tiga set yang dilalui begitu berat. ‘’Saya tahu bila

menghadapi Andy harus bermain dengan tenaga penuh dan konsisten. Saya senang dengan kemenangan ini karena sudah bermain sangat baik,’’ tegas Ferrer seusai laga. ‘’Kunci kemenangan terletak pada pengembalian bola. Kalau saja saya tidak bagus dalam mengembalikan bola, mustahil bisa memenangi laga.’’ Tuan rumah berharap bisa memperkecil ketinggalan lewat nomor ganda. Peringkat terbaik dunia Bob dan Mike Bryan akan menghadapi Lopez dan Fernando Verdasco hari ini dalam format pertandingan the best of five. Spanyol berusaha meraih gelar juara untuk ketiga kali dalam kurun empat tahun. Nadal pernah mengantar negerinya meraih kesuksesan pada 2004, 2008, dan 2009. Dalam pertandingan Grup Dunia lainnya, Argentina sukses membungkam Kazakhstan 3-0 dan melangkah ke semifinal. Kepastian itu diraih setelah Juan Ignacio Chela/

Bolt Unjuk Diri masih Tercepat PELARI Jamaika Usain Bolt menunjukkan kalau dirinya masih menjadi sprinter terbaik di muka bumi setelah mencatat waktu terbaik dalam Areva Diamond League Meetings, di Paris Saint-Denis, Paris, kemarin. Bolt mencatat waktu 20,03 detik dalam nomor lari 200 meter. Namun, raihan waktu Bolt ini masih jauh dari rekor dunia miliknya dengan 19,19 detik. Torehan waktu tersebut dibuat dalam kejuaraan dunia di Berlin 2009. Absennya pelari tercepat kedua di dunia dari AS, Tyson Gay, membuat Bolt berlari makin kencang. Posisi berikutnya ditempati pelari tuan rumah Christophe Lemaitre (20,21 detik) dan wakil AS Darvis Patton 20,59 detik. Rekan senegara Bolt, Mario Forsythe, di posisi keempat (20,61 detik). Bolt mengaku sebenarnya dalam kondisi yang kurang bugar. “Ada beberapa masalah pada awalnya. Sampai 150 meter hal itu baik-baik saja. Namun, 50 meter terakhir saya merasakan sebaliknya, menjadi tidak bagus. Saya sedang tidak merasa bagus karena flu,” kata-

REUTERS/CHARLES PLATIAU

BOLT TERDEPAN: Pelari Jamaika Usain Bolt (kiri) bertarung dengan salah satu sprinter terbaik dunia Christophe Lemaitre (Prancis) dalam nomor lari 200 meter di IAAF Diamond League di SaintDenis, Paris, kemarin. Bolt finis terdepan dengan waktu 20,03 detik. nya seusai lomba. Walaupun begitu, Bolt menjelaskan ia segera membaik. Apalagi, ia akan meng ikuti 13th IAAF World Championships di Daegu, Korea Selatan, 27 Agustus-4 September 2011. Setelah berlari, Bolt melakukan pendinginan sedikit dan

mendapat pijatan di belakang garis finis sambil mengirim beberapa pesan teks. Setelah itu, ia memaparkan, “Anginnya terbawa. Hal itu mulai membuat saya kedinginan. Saya hanya senang melaluinya dengan bebas cedera. Flunya telah pergi dan saya akan baik-

baik saja. Saya perlu tetap fokus sekarang dan membaik dalam beberapa pekan ke depan.’’ Di ‘Negeri Ginseng’ nanti, Bolt hadir sebagai juara bertahan untuk nomor lari 100 meter, 200 meter, dan estafet 4 x 100 meter. Adapun untuk nomor putri, pelari asal Afrika Selatan, Caster Semenya, masih menjadi yang terbaik untuk nomor 800 meter. Ia mencatat waktu 2 menit 18 detik. Raihan itu belum memecahkan rekor terbaik yang dimilikinya dengan 1:55,45. Dari ajang kejuaraan Asia XIX di Kobe, Jepang, pelari jarak pendek nasional Fadlin mencatat waktu 10,49 detik dalam final lari 100 meter. Menurut manajer tim Eni Nuraini, hasil tersebut 0,03 detik lebih lambat dibanding hasil pencapaian atlet asal NTB itu dalam kejurnas dan kualifikasi PON 2012, akhir Juni lalu. Ketika itu, ia menjadi yang tercepat dengan 10,46 detik. “Fadlin mencatat waktu 10,49 detik dan menempati urutan kedelapan pada hasil final,” ungkap Eni. (Eurosport/Ant/*/R-2)

Eduardo Schwank melibas Evgeny Korolev/Yuri Schukin 6-3, 6-2, 7-5. Sebelumnya Juan Martin Del Potro mengalahkan Mikhail Kukushkin 6-2, 6-1, 6-2. Pada laga perdana, Juan Monaco membungkam Andrey Golubev 6-3, 6-0, 6-4. Sementara itu, dalam pertandingan babak kedua zona Asia-Oceania Grup II, Indonesia tertinggal 1-2 saat menghadapi tuan rumah Thailand. Pasangan Sanchai Ratiwatana/ Sonchat Ratiwatana menang 6-2, 6-2, 6-2 atas Aditya Hari Sasongko/David Agung Susanto dalam pertandingan di Nonthaburi. Sebelumnya pemain terbaik Indonesia Christopher Rungkat menang atas Kitipong Wachiramanowong 6-2, 7-6(3), 6-0. Thailand menyamakan kedudukan setelah Danai Udomchoke dengan mudah menundukkan Elbert Sie 6-1, 6-1, 6-0. (Reuters/Ant/R-3) suprihatno @mediaindonesia.com

SEKILAS GELANGGANG Achmad dan Ganis Juara Sirnas III ACHMAD Rivai dan Ganis Nurrahmadani menjadi juara tunggal putra dan putri kelompok dewasa pada Sirkuit Nasional (Sirnas) Bulu Tangkis Regional III di GOR Jatidiri Semarang, Jawa Tengah, kemarin. Pada partai puncak, Achmad yang turun atas nama Bank Sumsel mengalahkan pemain asal Djarum Kudus Nugroho Andi Saputra 21-19 dan 21-13 dalam waktu 43 menit. Dengan keberhasilan itu berarti Ahmad sudah dua kali menjadi juara Sirnas setelah sebelumnya merajai Sirnas Jakarta Open. Adapun Ganis menjadi yang terbaik setelah menang atas pemain Djarum Kudus Febby Angguni 21-16 dan 24-22 dalam waktu 55 menit. Seusai laga Ganis mengatakan kesuksesan itu merupakan hal yang tidak terduga karena sejak awal hanya menargetkan masuk babak delapan besar. (Ant/R-2)

Cavendish Menangi Etape Ketujuh PEMBALAP sepeda asal Inggris Mark Cavendish memenangi etape ketujuh Tour de France 2011 yang menempuh jarak 218 km dari Le Mans menuju Chateauroux. Cavendish mengakui karakter etape ini cocok dengan dirinya. “Hari yang spesial buat saya. Ini adalah tempat saya pertama kali REUTERS jadi juara etape,” kata pembalap Mark Cavendish HT Highroad itu, kemarin. Cavendish memasuki finis Pembalap Inggris dengan catatan waktu 5 jam 38 menit 53 detik. Ia meninggalkan Alessandro Petachi (Italia) dan Andre Greipel (Jerman) pada posisi berikutnya. Meski begitu, pemuncak klasemen masih milik pembalap Norwegia yang membela tim Garmin-Cervelo, Thor Hushovd. (Reuters/*/R-2)


6

J EDA

MINGGU, 10 JULI 2011

Cara Lajang Urban Cari Pasangan Tidak ada waktu untuk bergaul dan mencari kekasih bukan lagi alasan bagi para lajang yang mendamba pasangan. DAVID TOBING DINNY MUTIAH

P

ERNAH menyimak kicauan akun @hitmansytem pada jejaring Twitter? Salah satunya berbunyi begini, “Percuma ganteng, six-pack, dan tajir. Kalo ngobrolnya enggak nyambung, ya, enggak bakal ada yang doyan.” Atau ini, “Gebetan tidak perlu diperlakukan spesial. Itu baru haknya jika sudah jadi kekasih kamu.” Dan ini, “Orang minder itu cuma kebiasaan minder, bukan karena enggak percaya diri.” Kicauan itu selalu berkisar soal kiat menjalin hubungan, khususnya dengan kekasih, meski terkadang juga kiat seputar hubungan pada umumnya, dengan sahabat, orang-orang sekitar, bahkan dengan diri sendiri lewat semacam motivasi pengembangan diri. Dalam lamannya tertulis, Hitman System berfokus menggembleng dan membagikan kunci serta rahasia kesuksesan romansa dalam membuka hubungan dengan wanita di mana saja, kapan saja. Adalah tiga sahabat, dikenal sebagai Lex de Praxis, Kei Savourie, dan Jet Veetlev, yang mendirikan Hitman System, pusat pelatihan dan konsultasi percintaan profesional, seperti tertulis dalam biodata akun tersebut pada jejaring Twitter. Awalnya, mereka sering berdiskusi, berbagi pengalaman seputar percintaan. “Banyak sekali buku yang bicara soal itu. Tetapi, ternyata setelah kita mempraktikkan gagal, tidak benar,” ungkap Lex. Pasalnya, kata Lex, bukubuku itu hanya berbicara pada fase relationship, sedangkan diskusi mereka merumuskan relationship terdiri dari tiga fase, yaitu pre-relationship yang menekankan pada komunikasi sosial--yang sehari-hari dikenal sebagai pendekatan, fase

ILUSTRASI: DIPERANKAN ZOLA YOANA DAN MARTIN, FOTO: MI/PANCA SYURKANI

MATCHMAKER: Tampak depan kantor Matchactually-Asia, penyedia jasa matchmaker di Dharmawangsa Square, Jakarta Selatan, Kamis (7/7). relationship, yang menekankan pada komunikasi hati, dan fase post-relationship, yang berkutat pada momen krisis. “Tentu saja jika kita sedang melakukan pendekatan (pre-relationship), tips dari buku tidak dapat diterapkan,” kata dia. Diskusi-diskusi tersebut perlahan membentuk cakrawala pemahaman tentang relationship. Lantas, ketiganya pun menjadi pusat konsultasi bagi teman-teman yang sedang punya masalah asmara. Peluang usaha bidang konsultasi dan pelatihan masalah percintaan pun ditangkap. Hitman System yang berdiri pada 13 Februari 2006 menawarkan konsultasi privat, penyediaan buku elektronik, pelatihan pengembangan diri, dan seminar pengembangan diri.

Untuk pelatihan, Hitman System menerima enam peserta dengan biaya Rp3 juta untuk tiga hari pelatihan. Modelnya berupa pemberian materi oleh pelatih, diikuti praktik. Di sana peserta diberi pelatihan guna meningkatkan kemampuan komunikasi sosial. Tujuannya agar mereka berhasil dalam pre-relationship. Selanjutnya, seminar diadakan terbuka dengan biaya Rp500 ribu-Rp600 ribu per peserta. Materinya sama dengan pelatihan, hanya lebih dipadatkan. Sejauh ini, seminar dilakukan di Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Pekanbaru, Samarinda, dan Yogyakarta. Hitman System mengakui setiap lelaki dianjurkan untuk menjalin relasi dengan perem-

Dengan menjalin persahabatan dengan mereka-mereka yang terbaik, tentu semakin terbuka peluang untuk mendapatkan pasangan terbaik pula.” Lex de Praxis Pendiri, Pelatih Hitman System puan sebanyak mungkin. Dengan catatan, hanya dalam fase pre-relationship dan bersifat persahabatan. “Setiap lelaki tentu ingin mendapatkan pasangan terbaik. Dengan menjalin persahabatan dengan mereka-mereka yang terbaik, tentu semakin terbuka peluang untuk menda-

Kebutuhan makin Spesifik SEJAK dulu, masyarakat mengenal istilah mak comblang. Tugas mak comblang pada dasarnya dilakoni orang tua yang ingin menjodohkan anak. Lalu muncul biro jodoh dengan fungsi serupa, hanya sifatnya terlembaga. Yayasan Scorpio--dikenal dengan Yasco--salah satu yang paling awet. Pendirinya, HMS Hasbie, mengklaim Yasco merupakan biro jodoh pertama dan terbesar di Indonesia. Di kantornya di kawasan Kramat Lontar, Jakarta, tersimpan data 15 ribu perempuan dan 9 ribu laki-laki. “Sejak berdiri pada 11 Mei 1974, Yasco sudah menjodohkan 10.120 orang. Tapi jangan tanya bagaimana saja kisah-kisahnya. Saya sudah enggak hafal, sudah pikun,” ujar pria berusia 68 tahun itu sambil terkekeh saat ditemui, Selasa (5/7). Setelah malang melintang di dunia perjodohan, Hasbie tahu betul karakteristik kebutuhan para pencari jodoh. “Dulu sebenarnya media perantara dan alat komunikasi itu terbatas. Seharusnya mencari pasangan lebih susah. Namun dengan kondisi yang terbatas dan sederhana itu, pencarian pasangan justru lebih mudah,” ungkapnya. Klien-kliennya dahulu lebih terbuka dalam menetapkan kriteria calon pasangan. Kebanyakan, tutur ayah lima anak itu, meminta tingkat pendidikan setara, keyakinan sama, dan memiliki pekerjaan yang mapan. Menurut Hasbie, individu sekarang memiliki karakter cenderung egosentris. Karakter yang kian kompleks dan kebutuhan yang makin spesifik

DOK HITMAN SYSTEM

MEMBUKA HUBUNGAN: Saling berbincang untuk mengenal satu sama lain. Hitman System berfokus untuk menggembleng dan membagikan kunci dan rahasia kesuksesan romansa dalam membuka hubungan dengan wanita di mana saja, kapan saja. menjadi belenggu yang menyulitkan pencarian pasangan. Yasco sendiri masih rutin mengadakan pertemuan dua bulan sekali, berupa acara informal di saat para peserta dapat saling mengenal dan bersosialisasi. Anggota ditarik iuran Rp75 ribu, dan peserta nonanggota Rp100 ribu. “Dulu sebelum krisis moneter

1998, pertemuan bisa sampai 300-400 peserta. Malah sempat ribuan. Tapi setelah krismon, paling banyak hanya 100 peserta. Mungkin karena kesulitan ekonomi,” tandas Hasbie. Perburuan pasangan, menurut sosiolog Universitas Indonesia Raphaella Dewantari, memang selalu membutuhkan network, mulai dari keluarga,

pertemanan, hingga lembaga konsultan ataupun biro jodoh. “Dulu usaha mencari dan menentukan pasangan tidak sekompleks ini. Kini karena ada kesulitan bagi sebagian orang, makin berkembanglah biro jodoh atau lembaga pengembangan kepribadian untuk membantu individu mencari pasangan,” imbuh Riri, panggilannya, pada Kamis (6/7). Pencarian jodoh lewat lembaga-lembaga tersebut, tambahnya, kerap dijadikan alternatif terakhir, misalnya ketika individu sudah nyaris menyerah lantaran tak kunjung mendapat pasangan di jejaring keluarga atau pertemanan. Maklum, penggunaan jasa lembaga konsultasi ataupun biro jodoh tidak gratis, bahkan kerap membutuhkan biaya besar. Psikolog Widiawati Bayu menilai jasa konsultasi percintaan dan biro jodoh merupakan upaya menangkap kebutuhan masyarakat urban yang kesulitan secara personal dalam menemukan pasangan. “Ada orang-orang hidup dengan konsep diri negatif karena pola asuh, misalnya tidak percaya diri, tidak mudah bergaul, dan kurang terbuka terhadap lingkungan baru. Orang-orang ini lebih sulit untuk mendapatkan pasangan sehingga membutuhkan bantuan,” tuturnya. Widiawati juga mengingatkan, “Jangan langsung percaya bahwa calon dari biro itu terbaik. Harus tetap ada proses pengenalan, dari latar belakang keluarga, pola asuh, pendidikan, pekerjaan, baru memutuskan untuk melanjutkan hubungan atau tidak,” tegasnya. (Csi/M-3)

patkan pasangan terbaik pula,” katanya. Personal Jasa membantu para lajang dalam menemukan pasangan impian, nyatanya berkembang dari sekadar memasangmasangkan insan manusia yang berlawanan jenis. Cara kerja biro jodoh yang lebih dulu dikenal sebagai penyedia jasa tersebut, diutarakan CEO MatchactuallyAsia Joanne Warsito, biasanya memuat penjelasan sekilas dari si pencari pasangan. Misalnya, laki-laki, single, usia sekian, mencari perempuan, pendidikan SMA, kulit kuning langsat, dan seterusnya. Nah, layanan yang ditawarkan Joanne berbeda lagi. “Kita bukan biro jodoh, me-

lainkan matchmaker, lebih mencoba menyamakan value, personality, cara pandang hidup, hingga financial security,” kata Joanne, Rabu (6/7), di Jakarta. Layanannya, tambah dia, lebih personal daripada biro jodoh. Matchactually-Asia bahkan membagi layanan menjadi tiga. Lewat layanan hi-end, Joanne dan timnya tidak sekadar mencarikan kandidat berdasarkan database, tapi juga ‘berburu’ di lapangan. Mulai pesta, perkumpulan sosialita, hingga pameran lukisan jadi ajangnya. Saking spesifiknya, layanan ini pun dibatasi hanya untuk 12 klien perempuan dan laki-laki, berusia di atas 35 tahun. “Umumnya (para klien) sudah level direktur, tapi tidak punya waktu untuk mencari

cinta,” tambah Joanne. Layanan lainnya ialah date actually, untuk para lajang profesional muda berusia 25-35 tahun--yang pada umumnya serius menata karier, tetapi kekurangan waktu untuk mencari pasangan. “Kami buat kegiatan berkencan saat makan siang. Kita pastikan Anda akan berkencan dengan delapan orang yang dianggap cocok dengan kriteria yang dimaui selama tiga bulan. Kandidat dipilih berdasarkan database kita,” sahutnya. Ada lagi coaching alias pelatihan. Itu seperti sesi konsultasi dalam enam kali pertemuan dan ditujukan kepada siapa pun yang memiliki masalah cinta, tetapi ingin membuka diri lagi untuk cinta yang baru. Sebut saja orang yang baru putus dari pacar, single parent, atau bahkan bagi yang sedang memiliki pacar. Urusan fisik pun jadi perhatiannya. Dia menyediakan tim untuk layanan make over dan wardrobe management. “Ada klien yang tidak perlu terlalu banyak rombak karena memang sudah siap. Tapi jika saya melihat ada yang perlu dibenahi, kami punya tim untuk itu,” tambah dia. Klien harus membawa bajunya kepada tim untuk belajar memadupadankan pakaian. Bahkan, jika klien butuh berbelanja, tim Joanne akan menemaninya, tentu saja dengan biaya tanggungan klien. Biaya yang perlu dikeluarkan klien bervariasi, bergantung pada pelayanan. Untuk hi-end, dibutuhkan Rp30 juta dengan kontrak selama tiga bulan, date actually butuh Rp5,5 juta untuk kontrak dengan periode yang sama, sedangkan untuk coaching, klien perlu merogoh Rp1,5 juta per enam kali pertemuan yang digelar seminggu sekali. Rupanya, kata Joanne, kliennya sebagian besar lakilaki. “Klienku cukup sukses di kariernya. Mereka jadi lebih hati-hati karena tidak gampang mencari cewek yang punya iktikad baik. Mereka tidak hanya ingin cari pacar, tapi cari wife quality,” ucapnya. (M-3) miweekend @mediaindonesia.com

Ada Saat-Saat Tertentu Terasa Hampa MENJELANG usianya yang ke-30 pada bulan 10 mendatang, Key Erina-sebut saja begitu--mengaku kerap iri melihat kehidupan teman sebaya yang sudah berpasangan. “Kadang kala rasanya tuh ada kekosongan yang pinginnya dipenuhi dengan memiliki pasangan. Kebutuhan untuk sharing sama lawan jenis, ketertarikan yang lebih dari sekadar teman,” kata dia di Jakarta, Kamis (7/7). Meski sehari-hari kondisi lajangnya tidak dirasa mengganggu, ada saatnya perempuan berprofesi editor ini merasa melankolis. “Ada kalanya gue mendadak mellow yellow (melankolis) dirongrong perasaan pingin itu. Paling mentok gue nangis saat itu aja. Habis itu berusaha menguatkan hati,” tutur Key yang mengaku pernah tiga kali berpacaran dan melajang selama tiga tahun belakangan. Demi menemukan pasangan impian, ia berupaya membuka diri terhadap semua peluang. “Ya kalau ada teman gue yang mau ngenalin sama temannya, gue sih mau aja, gue mau coba kenal dulu. Ngubek-ngubek teman lama, beraniin minta pin BB (Blackberry) teman lama,” Key mengaku. Beberapa komunitas baru pun pernah dijajalnya karena ajakan seorang teman, meski kemudian ia enggan melanjutkan karena merasa tidak nyaman. Dengan upaya-upaya itu Key menyimpan harapan akan menemukan pasangan tahun ini juga, lalu menikah tahun depan. “Walaupun belum ada gejala realisasinya, at least IÊm trying,” kata dia. Ada lagi Dorothy--begitu dia ingin ditulis namanya. Usianya 32 tahun.

“Terakhir pacaran itu lupa, saking kelamaan. Lima atau enam tahun lalu, kali ya,” tutur perempuan yang lebih senang disebut bekerja sebagai abdi negara ini. Dorothy mengaku merasa karakternya yang pemalu dan minder menghambat pencarian pasangan. “Juga physically merasa kurang menarik,” tuturnya sembari tersenyum. Faktor lain, masalah waktu akibat pekerjaan yang hanya menyisakan waktu kosong pada akhir pekan. Seperti halnya Key, bagi Dorothy, statusnya yang lajang tidak mengganggu kegiatan sehari-hari. “Tapi adalah waktu-waktu tertentu, mendamba sekali. Kalau diceritain, bisa nangis bombai nih, hahaha,” kilahnya. Perempuan lajang yang tinggal di Jakarta Barat ini mengaku cukup didesak keluarga agar cepat menikah. “Aku anak tunggal, satu-satunya harapan orang tua. Ayahku sudah 74 tahun dan mama baru saja pensiun,” ucapnya. Sekarang, ia mengaku tengah berupaya agar bisa memenuhi harapan itu. “Mulai peduli diri sendiri, mempercantik diri, mencoba lebih pede (percaya diri) dan membuka diri, ayo dong teman-temanku bantu kenalkenalin aku sama teman-teman lain,” tuturnya disambut tawa. Ia juga bertekad segera mendaftar di sebuah komunitas daring penyedia jasa matchmaking, seperti sudah lama direncanakannya. Saat Media Indonesia mengakhiri wawancara, perempuan ramah yang banyak tawa ini pun berujar, “Semoga habis diinterviu ini, aku dapat jodoh, ya.” (Wey/M-1)


G REEN CONCERN Menekan Jejak Kotor Usaha Cuci MINGGU, 10 JULI 2011

Usaha cuci yang menjamur membuat pencemaran air tidak sepele. Padahal cukup dengan IPAL, bahaya limbah ini bisa ditekan. SISKA NURIFAH

I

BARAT pepatah seperti jamur di musim hujan, begitulah usaha cuci baju atau laundry di perkotaan. Kios-kios laundry bukan hanya di pertokoan atau kawasan elite, melainkan juga sudah sampai gang sempit. Namun, di balik baju rapi dan wangi , nyatanya ada jejak kotor di lingkungan. Sangat sedikit usaha laundry yang memiliki instalasi pengolahan air limbah (IPAL). Di Jakarta saja dari 10 perusahaan laundry besar yang baru bisa didata pemerintah tidak semuanya memiliki IPAL. “Kebanyakan mereka (laundry) membangun duluan tanpa memedulikan IPAL,” ungkap Kasubid Pengendalian Pencemaran Sumber Kegiatan BPLHD DKI, Rina Suryani, Kamis (7/7), di Jakarta. Jika perusahaan besar saja tidak memedulikan IPAL, tidak aneh hal sama terjadi pada laundry kecil atau laundry kiloan. Salah satu usaha laundry kiloan di jalan Prof Dr Satrio, Jakarta Selatan, pun mengaku membuang limbah ke selokan. “Kami langsung buang ke gorong-gorong bawah jalan raya,” ungkap salah satu pegawai laundry. Jika per harinya laundry itu menerima 60 kg pakaian, bisa dibayangkan berapa limbahnya. Pembuangan limbah langsung ke saluran air disayangkan ahli lingkungan dari Universitas Indonesia, Prof Dr Setyo S Moersidik.

FOTO-FOTO: MI/ANGGA YUNIAR

GREEN LAUNDRY: Pekerja menjemur pakaian di laundry Koperasi Desa Sukadanau Cikarang, Bekasi Barat, Jawa Barat, Senin (4/6) (atas). Laundry ini mengurangi dampak pencemaran dengan sistem IPAL (bawah kiri) dan berhasil menghemat listrik dengan setrika uap (bawah kanan).

“Detergen itu kan penuh bahan kimia, bahan yang namanya alkil benzen sulfonat (ABS) yang sangat sulit diuraikan lingkungan,” tuturnya. Bahan lain yang berbahaya

dalam detergen adalah fosfat. Di lingkungan, fosfat akan membuat ganggang berbiak cepat. Penetrasi sinar matahari pun terhalang hingga membuat organisme lainnya di dalam

air mati. Setyo mengakui kini sudah ada detergen bebas fosfat. “Namun harganya kan mahal. Jadi, apa mungkin laundry yang bersaing murah itu pakai?”

imbuhnya. Limbah detergen yang meresap ke tanah akan mencemari sumber air minum. Padahal saat ini saja, menurut BPLHD, 90% air tanah Jakarta sudah

tercemar bakteri E coli. Di sisi lain, pengelolaan limbah usaha laundry kecil dilematis. Peraturan yang ada, termasuk PP Nomor 27/1999 tentang Amdal, hanya mencakup industri besar. Kabid Pengendalian Pencemaran BPLHD DKI Jakarta Andono Warih pun mengaku pihaknya hanya bisa memberi anjuran soal detergen ramah lingkungan.

mg/l dan 7,75. “Pernah taruh ikan lele di sini dan bisa hidup,” tambah Sumarno. Hasil pengolahan limbah itu diyakini akan lebih baik lagi jika menggunakan detergen ramah lingkungan. Sumarno mengatakan pernah mencoba menggunakan produk tersebut, tapi hasil cucian yang kurang bersih memaksa mereka kembali ke detergen biasa.

Green laundry Di saat DKI tidak mampu berbuat banyak, di Bekasi, Jawa Barat, sudah berdiri laundry yang lebih ramah lingkungan. KDS Green Laundry yang d i d i r i k a n p a r a p e n g u ru s Ko perasi Desa Sukadanau bersama Coca-Cola Bottling sudah me nerapkan sistem IPAL. Sistem IPAL itu nyatanya sederhana dan murah. Sebagaimana Media Indonesia saksikan, IPAL membutuhkan luas tanah sekitar 3x1 meter persegi dan terdiri dari tiga bak kecil yang terbuat dari semen dengan kedalaman 1 meter. Bak-bak tersebut berguna sebagai pengendapan air dan penyaringan melalui batu kerikil, ijuk, dan pasir pasang. “Meski sederhana, air limbah bisa tersaring dengan optimal,” ujar Sumarno, Ketua Koperasi Desa Sukadanau. Perbedaan pada air limbah dengan instalasi senilai Rp2 juta ini terlihat jelas. Air hasil penyaringan tampak jernih, tidak berbuih dan tidak bau. Dari hasil pengujian kualitas air yang dilakukan Sucofindo, 21 Maret 2011, air limbah dinyatakan memenuhi standar. Kadar kebutuhan oksigen biologi (BOD) hanya 25,1 mg/ liter atau jauh di bawah ketentuan 100 mg/liter. Makin tinggi BOD menunjukkan banyaknya mikroorganisme di air. Pengujian kadar minyak dan keasaman (pH) juga menunjukkan air buangan dari laundry dalam batas normal, yakni 2

Setrika nonlistrik Tak hanya dengan IPAL, upaya ramah lingkungan yang diusung laundry yang berdiri Mei 2011 itu juga mencakup penghematan energi. Setrika yang digunakan bukan bertenaga listrik, melainkan uap. Untuk menghasilkan uap, air ditempatkan dalam tabung berukuran 10 liter, kemudian dipanaskan di atas kompor. Hanya dengan waktu sekitar setengah jam, uap air sudah bisa tercipta dan kemudian disalurkan dengan selang yang terhubung ke setrika. Dengan setrika uap, laundry yang perharinya menerima sekitar 80 potong pakaian inihanya menggunakan 5 liter air untuk menyetrika. “Setrika juga lebih cepat. Kami bisa berhemat 40% ketimbang memakai setrika listrik,” ungkap Nasep Antoni, 46, salah satu pengelola laundry KDS Green. Bukan hanya berhemat, keuntungan bersih per bulan pun naik sekitar 50% dari sebelumnya. Tarif yang dibanderol laundry itu pun tidak berbeda dari laundry umumnya yang tidak menggunakan sistem kiloan. Per potong kemeja atau kaus atasan dihargai Rp5.000 (tangan pendek), dan Rp6.000 (tangan panjang). Membuat usaha laundry lebih ramah lingkungan nyatanya tidak mahal dan rumit. (M-5) miweekend @mediaindonesia.com

INFO HIJAU

Air Minum dari Air Kotor Osaka KOTA Osaka, Jepang, tahun ini berada di peringkat ke-12 di dunia sebagai Kota Terbaik untuk Hidup atau peringkat pertama di Asia. Gelar yang diberikan Economist Intelligence Unit itu bukan hanya karena fasilitas modern kota tersebut, melainkan juga daya dukung lingkungannya. Namun siapa sangka, 50 tahun lalu kota di selatan Tokyo itu tidak ubahnya Jakarta. Saluran air kota tercemar oleh limbah dan sampah, sedangkan pasokan air bersih terus turun. Dalam kunjungan ke Jakarta, Selasa (5/7), Wali Kota Osaka Kunio Hiramatsu mengatakan keberhasilan perbaikan lingkungan itu dicapai dengan perbaikan pengolahan limbah menggunakan lumpur aktif. Yang menarik, lumpur buangan dimanfaatkan

MI/BINTANG

kembali untuk pembangkit tenaga listrik dan bahan bangunan. “Listriknya mencapai 50 juta kwh/tahun dan bisa untuk 14 ribu rumah tangga,” ujar Kunio dalam seminar yang berlangsung

di Hotel Nikko. Pengolahan air dengan lumpur aktif itu berhasil meningkatkan kualitas air hingga 100%. Air tersebut bahkan dapat dikonsumsi langsung tanpa harus dimasak lagi. Pada kunjungan itu, rombongan delegasi Kota Osaka membawa serta air kemasan yang dinamai Honmaya. Air itu terlihat jernih dan tidak berbeda dengan rasa air pada umumnya. Honmaya telah mendapat Penghargaan Monde Selection, yakni penghargaan dari Belgia untuk produk-produk konsumen. Kunio mengatakan lingkungan hidup yang berkualitas harus diusahakan pemerintah dan masyarakat. Sebab, dari sanalah peningkatan kualitas hidup, termasuk ekonomi, akan tercapai. (Big/M-1)

Ozon Antartika Tetap Mengkhawatirkan MESKIPUN beberapa bulan lalu beberapa ilmuwan mengabarkan pemulihan ozon di Antartika, bukan berarti ancaman lingkungan wilayah itu selesai. Kepala Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Novita Ambarsari beberapa waktu lalu mengatakan lubang ozon di Kutub Selatan itu mencapai 27 juta km2. Itu lebih besar daripada Amerika Utara yang luasnya sekitar 25 juta km2. “Lubang ozon di Kutub Selatan ini bukan dalam arti lubang yang sebenarnya pada lapisan ozon. Akan tetapi, lubang ozon merupakan penipisan lapisanlapisan ozon dengan konsentrasi lebih rendah dari 220 DU. Nilai ini berdasarkan pengamatan ozon di Kutub Selatan yang tidak pernah

AP

lebih tinggi dari 220 DU sejak 1979,” kata Novita. Untuk kondisi ozon di Indonesia, berdasarkan data total ozon hasil pengukuran satelit Nimbus pada Junu 2009, ada kecenderun-

gan penurunan konsentrasi ozon total sebesar 0,29 DU/tahun. Bahan-bahan kimia perusak lapisan ozon itu terutama berasal dari jenis chlorofluorocarbons (CFC) yang digunakan sebagai cairan pembersih dalam berbagai produk, seperti lemari es, pendingin udara, dan proses pembuatan busa lembut. “Bahan perusak lapisan ozon banyak digunakan dalam industri alat pemadam kebakaran dan metil bromida yang dipakai untuk bahan pestisida. Pemakaian bahanbahan ini meningkat dengan cepat sejak 1970-an, yang menyebabkan kandungannya di atmosfer juga meningkat,” ujar Novita. Selain mendorong industri untuk menggunakan bahan yang lebih ramah lingkungan, Lapan mengimbau masyarakat untuk lebih hemat energi. (Ant/M-5)

KONSTRUKSI DARI LIMBAH BOTOL

B

T ips! G re e n

Usahakan menggunakan wadah minuman atau makanan yang bisa dipakai ulang karena cara terbaik untuk mengurangi sampah plastik yakni tetap dengan mengurangi sumbernya.

AGI Anda, gedung bertingkat dan sampah plastik mungkin tidak memiliki kaitan, selain sama-sama ikut ‘membebani’ kota. Pertumbuhan gedung bertingkat dan besarnya produksi sampah plastik memang menambah masalah lingkungan, termasuk berkurangnya ruang terbuka dan pencemaran. Namun siapa sangka, jika digabungkan, gedung bertingkat dan sampah plastik bisa ikut mengurangi beban lingkungan. Bukan hanya itu, ‘perkawinan’ dua hal ini bisa justru bisa memperbaiki daya dukung kehidupan masyarakat.

7

Inilah yang ditawarkan Josia Irwan Rastandi dan Mulia Orientilize. Kedua dosen Departemen Teknik Sipil Universitas Indonesia (UI) itu memperkenalkan pemanfaatan botol bekas kemasan air mineral untuk beton lantai. Dalam penemuan yang dipaparkan pada Seminar Laporan Akhir Hibah Riset UI di Kampus UI di Depok, Jawa Barat, beberapa waktu lalu, itu dijelaskan botol-botol bekas air mineral digunakan sebagai hollow core slab (HCS) atau pembentuk lubang pada beton pracetak untuk lantai. Lubang pada beton berfungsi untuk mengurangi berat pelat tanpa

mengurangi kekuatan lenturnya. Selama ini, cara yang biasa digunakan untuk membuat HCS adalah menggunakan kabel. Sementara di Belanda, pengurangan volume beton dilakukan dengan menambahkan bola-bola dari karet (bubble). Ingin tahu lebih banyak mengenai konstruksi ini atau bagaimana daya tahan dan keamanannya? Kalau begitu, simak sendiri langkahlangkahnya dalam diskusi di Green Radio. Anda juga bisa ikut bertanya lewat SMS di 081381000892 atau telepon di 021-85909946/47. (SN/M-5)


8

P EOPLE

MINGGU, 10 JULI 2011

Revolusi Berakhir di Hari Minggu

Prof Dr Emil Salim dan Roosminnie Roza FOTO-FOTO: MI/SUMARYANTO

Keluarga, Inti Kebahagiaan LAYAKNYA menjalankan perusahaan, kehidupan perkawinan yang berjalan lama pun mengalami pasang surut. Begitu pula yang dirasakan pasangan Ciputra dan Dian Sumeler dalam masa pernikahan selama 57 tahun. “Dia punya satu karakter yang orangnya komit. Walau masih muda, kalau sudah menyatakan sesuatu, selalu dipenuhi,” ujar Dian dalam Kick Andy episode Golden Couples. Komitmen Ciputra pada Dian berawal dari sebuah acara dansa. “Di Manado itu kita suka

keras Ciputra. Namun lambat laun, sifat Ciputra pun berubah seiring berjalannya waktu. “Saya berpikir kita tidak bisa memanjakan anak. Harus keras pada anak. Ketika mulai dewasa, mereka berontak pada saya. Saya kemudian hubungi psikolog, saya dibilang salah, saya terima,” jelas ayah dari empat anak itu soal perubahannya. Ciputra juga mengaku ada kalanya perasaan bosan datang. Namun, laki-laki kelahiran Parigi, Sulawesi Tengah, itu berusaha untuk mendengarkan

Ir. Ciputra dan Dian Sumeler dansa. Kita dansa-dansa di antara teman. Nah, kala kita ajak dempet-dempet mau, berarti dia mau. Kan cinta itu bukan hanya kata-kata, melainkan juga dari perbuatan,” kenang Ciputra yang biasa dipanggil Pak Ci. Keduanya menikah di Bandung pada 6 Juni 1954, saat Pak Ci masih kuliah di tingkat dua di Institut Teknologi Bandung. Keyakinan bahwa pernikahan menstabilkan kehidupan masa mudanya membuat laki-laki kelahiran 1931 itu siap dengan segala risiko, termasuk pintarpintar membagi waktu antara keluarga, sekolah, dan pekerjaan. Belum lagi perbedaan sifat di antara keduanya. Dian yang manja harus menyesuaikan diri dengan sifat

suara Tuhan. Ia pun becermin dari perilaku istrinya yang setia. “Saya sempat tergoda, tapi kita sudah berjanji. Kita punya filosofi hidup mengasihi Tuhan dan mengasihi istri dan anakanak. Saya sudah bersumpah menjaga, jadi apa pun saya lakukan,” tegasnya. Hingga masa tuanya, Ciputra tidak pernah membayangkan perceraian. “Keluarga adalah inti dari kebahagiaan kita dalam berumah tangga. Kami berharap Anda juga bisa merasakan saatsaat bahagia bersama di usia lanjut dengan istri yang sudah 50 tahun bersama. Dengan begitu, Anda bisa merasakan kebahagiaan di dalam diri Anda,” tukas Pak Ci. (Din/M-3)

Mereka berbagi kisah tentang perjalanan cinta. Bukan cinta yang seumur jagung, melainkan perkawinan hingga lebih dari setengah abad. DINNY MUTIAH

E

MIL Salim masih terlihat energik di usia 81 tahun. Ia hadir dalam program Kick Andy kali ini bukan untuk berbicara tentang prestasi karier atau kampanye lingkungan. Bersama sang istri, Roosminnie Roza, mantan menteri lingkungan hidup itu tampil dalam episode Golden Couples, berbagi cerita cinta sepanjang usia perkawinan mereka yang mencapai 53 tahun. Rahasia mereka adalah satu moto yang berbunyi ‘revolusi berakhir di hari Minggu’. Maksud mereka juga bukan mengibaratkan mahligai perkawinan sebagai medan perang. Menurut lelaki kelahiran 8 Juni 1930 itu, hari kerja boleh-boleh saja diisi untuk bekerja demi bangsa dan negara, sedangkan akhir pekan merupakan waktu yang sepenuhnya dipersembahkan bagi keluarga. “Senin sampai Sabtu itu dipersembahkan untuk kehebatan negara, sementara Minggu, telepon dimatikan. Tidak terima dari siapa pun,” jelas Roosminnie. Penyelamat Keduanya mengaku tidak mengalami cinta pada pandangan pertama. Emil yang dulu tinggal di kamar kos di rumah orang tua Roosminnie menganggap istrinya itu sebagai anak kecil yang minta diajari aljabar dan ilmu ukur. Rasa cinta mulai berkembang saat Emil melihat Roosminnie di kampus. Minnie, panggilan Roosminnie, saat itu tengah menjalani orientasi mahasiswa baru alias perploncoan. Ia lalu ‘diselamatkan’ Emil dari mahasiswa senior yang galak. Kakek empat cucu itu memang disegani kawan-kawannya karena menjabat sebagai Ketua Dewan Mahasiswa. “Ada rame-rame, saya datangi. Lo, kok sudah besar dia. Saya coba bela. Saya kan Ketua Dewan Mahasiswa, gagah kan?,” kenang Emil sembari tertawa. Rasa suka mereka berlanjut. Minnie menilai lelaki kelahiran Lahat, Sumatra Selatan, itu sebagai lelaki yang baik

hati dan sangat penolong. Sementara Emil mengagumi kecerdasan Minnie yang selalu nyambung jika diajak berbicara. Mereka berdua memutuskan menikah pada 26 September 1958, beberapa bulan sebelum Emil ditugaskan untuk belajar ke Amerika Serikat. “Kita menabung US$25 per bulan untuk anak. Bagaimana saat pulang keadaan sulit, jadi kita harus bisa nyambung hidup. Kita bawa anak. Kita beli mobil, lalu kita jual untuk anak,” jelas Minnie. Janji Meski terlihat harmonis, sang istri mengaku ada kalanya merasa kesal dengan kebiasaan suami. Sifat Emil yang penolong dan pekerja keras terkadang membuat janji-janji yang sudah dibuat dengan keluarga batal, lantaran asyik bekerja. Pernah suatu pagi, kisah Minnie, Emil berjanji mengajak anaknya berjalan-jalan ke taman bermain di daerah Gambir. Sejak pukul 17.00 WIB, anak mereka sudah rapi dan menunggu di pagar rumah, menunggu kehadiran bapaknya. Namun, yang ditunggu baru muncul pada pukul 19.00. Kepalang saja si anak kecewa. “Setelah itu saya bilang padanya, jangan janjikan apa pun pada anak kamu kalau kamu sendiri tidak tahu bisa menepati. Kasihan dia,” cetus Minnie. Tentu saja kejadian semacam itu tidak membuat perkawinan goyah. Minnie tetap sabar dan melayani suaminya dengan kasih sayang. Ia pula yang mengatur pakaian yang dikenakan Emil saat menghadiri acara di luar rumah. Kemampuannya itu bahkan dihargai dengan penghargaan berbusana terbaik yang diterima Emil pada 1980. “Saya sendiri kaget, kok saya dapat penghargaan berbusana terbaik,” sahutnya. Buat Emil, pernikahan ialah penyatuan. “Pernikahan itu mula-mula ada daya tarik fisik, tapi kemudian menyatu di dalam hati, jiwa, dan perasaan,” ucapnya. (M-3) miweekend@mediaindonesia.com

GOLDEN COUPLES Sering kali pasangan suami istri memutuskan bercerai dalam waktu singkat. Sebaliknya, pasangan-pasangan emas ini mempertahankan biduk rumah tangga hingga mencapai usia perkawinan lebih dari 50 tahun. SAKSIKAN DI METRO TV Minggu, 10 Juli 2011, pukul 15.30 WIB

Cinta Kilat Setengah Abad DULU, Probosutedjo, 81, ragu untuk menikah. “Saya pengen nikah, tapi saya ragu-ragu. Kalau saya punya istri dan anak-anak, mau dikasih makan apa? Gaji guru pas-pasan untuk hidup sebulan,” tuturnya dalam Kick Andy episode Golden Couples. Dengan berbekal pendidikan hingga kelas dua SMEA, Probo muda nekat melamar menjadi guru di sebuah sekolah swasta di Pematang Siantar, Sumatra Utara. Ia diterima dengan gaji pas-pasan. Setelah sempat mendirikan sekolah, ia lalu berpindah-

pembuktiannya berujung pada pelaminan. Pernikahan Probo dan Ratmini digelar sederhana. Ratmini menjahit sendiri kebaya pengantin hingga seserahan. Probo pun mengenakan satusatunya jas yang ia punya di hari pernikahan. Kesederhanaan itu berlanjut hingga Probo memutuskan meninggalkan Pematang Siantar untuk bekerja sebagai pengusaha di Jakarta. Kehidupan Probo beserta istri dan enam anaknya di Jakarta berangsur membaik. Saat Soeharto lengser dari kepemimpinan

H. Probosutedjo dan Ratmani pindah tempat mengajar. Probo, yang juga adik mendiang Soeharto--presiden kedua Republik Indonesia--dari satu ibu ini, merasa kehidupannya tak kunjung membaik. Maka dari itu, ia tak pernah berani meminang seorang gadis pun. Seorang teman lalu mengenalkannya pada Ratmani. “Waktu itu cinta kilat. Baru beberapa hari kenal, Pak Probo langsung nyatakan cinta saja,” kenang Ratmani. Probo yang waktu itu berusia 31 tahun sempat tak dipercaya orang tua Ratmani yang menyangkanya sudah memiliki istri di Pulau Jawa. Dengan upayanya, Probo pun membuktikan kepada calon mertuanya bahwa ia benar-benar lajang, hingga

negara, Probo ikut mengalami surutnya kehidupan. Vonis bersalah dalam kasus dana Hutan Tanaman Industri membuatnya harus meringkuk di penjara. Ratmini dan keluarga pun berupaya segala cara untuk membayar denda ratusan miliar rupiah. Sekarang, kakek delapan cucu itu bersyukur cobaan dan rintang an hidup dalam perkawinan bisa terlewati. Bahkan, ia dan Ratmani bisa menyelenggarakan pesta perkawinan emas pada 11 Juni 2011. Mereka yakin sikap nrimo akan berbuah manis di akhir nanti. “Lima puluh tahun itu enggak mulus-mulus saja. Saya bersyukur bisa lulus ujian sampai 50 tahun,” ucapnya. (Din/M-3)


A RT & CULTURE

MINGGU, 10 JULI 2011

Pelangi di Lengkung

Ciliwung Kehidupan warga bantaran Kali Ciliwung menjadi persoalan bangsa. Dengan garapan sutradara Ignatius Sandyawan Sumardi, semua persoalan pun lenyap.

IWAN KURNIAWAN

“L

EBIH baik hidup miskin daripada mewah namun gelisah. Jangan kau kuatir! Semua ada waktunya. Ada waktu menanam, ada pula waktu menuai....” Sepenggal kalimat tersebut terdengar lantang dari salah satu pemain Teater Ciliwung, lewat lakon Ciliwung Larung di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pertengahan pekan ini. Sandyawan menghadirkan sekelumit persoalan yang terbungkam secara sederhana. “Ini sebenarnya hanya bentuk cara belajar kami. Ini adalah produksi perdana sehingga menjadi penyemangat untuk lakon berikutnya,” ujar Sandyawan seusai pementasan. Tak dapat dimungkiri, proses latihan hanya berlangsung sekitar dua bulan. Namun, Teater Ciliwung mampu mengekspresikan setiap kejadian sehari-hari di bantaran Kali Ciliwung. “Ini adalah teater rakyat. Jadi, semua adegan berdasarkan kenyataan warga,” jelasnya. Kemirisan terhadap kondisi kemiskinan, kerakusan, dan ketimpangan sosial menjadikan lelaki kelahiran Jeneponto, Sulawesi Selatan, 23 November 1958, itu berani mengangkat realitas sesungguhnya. Tak mengherankan jika pergolakan mengenai banjir kiriman, kemiskinan, dan kritikan terhadap kebobrokan kinerja pemerintah dan DPR RI juga menjadi selingan yang tersaji di sana. Meski berdurasi 2 jam 30 menit, sehingga sedikit membosankan, teater itu tetap mengasyikkan karena kritikan-kritikan yang diungkapkan seolah mewakili perasaan penonton. Bagi Teater Ciliwung, persoalan bangsa menjadi tanggung jawab bersama. Sayangnya, para petinggi negara

sering melupakan nasib rakyat jelata. “Ini yang sangat ironis. Semua persoalan bangsa sengaja dilupakan,” jelas Sandyawan. Kepiawaian sutradara dalam mengangkat tema juga tepat. Ia memanfaatkan warga sebagai pilar utama pertunjukan. Beberapa adegan bernuansa religius Islam menjadi bukti bahwa ia sangat menjunjung tinggi kerukunan antarumat beragama. Meski diketahui, Sandyawan merupakan seorang aktivis, biarawan, dan pengajar. “Saat kebenaran sudah tidak bisa diungkapkan, teater menjadi jalan. Kami mengkritik dan meluruskan yang bengkok.” Pementasan Teater Ciliwung mungkin berbeda dengan drama musikal lainnya. Keterlibatan warga di bantaran Kali Ciliwung menjadikan teater tersebut mengungkapkan kemirisan yang sesungguhnya.

Saat kebenaran sudah tidak bisa diungkapkan, teater menjadi jalan. Kami mengkritik dan meluruskan yang bengkok.” Tata panggung juga terlihat sederhana. Hanya ada beberapa perabot yang didesain untuk menggambarkan suasana. Ada rumah Sanggar Kapan Merdeka, Warung Kapan Merdeka, dan perumahan kumuh. Penggusuran Penggunaan video untuk menggambarkan sungai juga menjadi pilihan utama. Hal itu bertujuan untuk mendekatkan penonton pada kenyataan yang dialami warga Buki Duri dan Kampung Pulo, Jakarta.

9

“Satu bahasa, satu tanah air, Indonesia.” Siti Nurhani yang diperankan Intan membuka adegan dengan lantang. Ia terlihat khusyuk ketika salat di rumahnya yang berdinding papan dan berbilik bambu. Kehadiran Mak Dukang (Vinti) membuat suasana hati Siti semakin tenang. Ia berjalan secara tersendat-sendat. Usia yang telah uzur membuat Mak Dukang menjadi guru spiritual di bantaran itu. “Di dunia, semua ada waktunya. Ada waktu untuk merombak, ada waktu untuk membangun. Ada waktu untuk berdiam, ada waktu untuk berbicara. Hadapilah Siti!” Sesaat si ibu tua itu menghampiri Siti. Lewat pementasan itu, Siti, si janda, menemukan kekasih barunya, Gibon (Zaki). Jalinan kasih itu ternyata menimbulkan kecemburuan bagi para janda di sekitar kampung. Mira Ronggeng (Nurhayati), misalnya, merasakan ketidaknyamanan itu. Namun, persoalan baru memuncak saat banjir kiriman dari Bogor memorak-porandakan perkampungan. Semua harta benda ludes tersapu oleh derasnya air sungai. Kejorokan dan kerusakan menjadi pemandangan lumrah. Kehadiran wali kota dengan anggota Satpol PP juga menambah persoalan. Apalagi, kawasan kumuh itu akan dijadikan apartemen dan bangunanbangunan modern. Warga pun mulai cemas dengan isu penggusuran itu. Teater Ciliwung begitu lihai dalam mengangkat terpaan zaman. Warga menjadi korban politik dan kepentingan golongan tertentu. Kehadiran tokoh agama yang patuh kepada kekuasaan dan harta juga menjadi realitas yang ada lewat lakon Ciliwung Larung. (M-4) miweekend@mediaindonesia.com

MI/RAMDANI

Menguak Ranah Minangkabau TATANAN kehidupan masyarakat Minangkabau di Sumatra Barat menjadi inspirasi bagi pelukis Kamal Guci. Ia mampu mengabadikan adat istiadat setempat lewat lukisan. Dia tidak sekadar bermain dengan cat-cat minyak berwarna. Ada sebuah pesan melalui budaya yang ia terjemahkan. “Suasana alamiah di perkampungan Minang masih menjadi objek utama. Saya ingin melestarikan budaya lewat seni,” ujar Kamal, membuka pembicaraan. Melalui pameran tunggalnya di Galeri Cipta II, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada 28 Juni hingga 7 Juli, ia menghadirkan puluhan lukisan. Semua karya dibuat antara 2003 dan 2011. Karya berjudul Sibinuang Pulang (90x120 cm, 2011), misalnya, sangat kaya akan adat di Tanah Minang. Ada seekor sapi yang melintasi perkampungan. Pelukis seakan ingin menitikberatkan pada hakikat kehidupan antara manusia dan alam sekitar. Lewat karya berjudul Ironi

Minangkabau (70x100 cm, 2011), ia pun melayangkan kritik. Masyarakat Minang yang telah menerima teknologi mulai melupakan budaya setempat. Dalam lukisan tersebut, terlihat tiga bocah tengah bermain di halam an rumah. Sementara seorang perempuan tua sibuk memapah cucian. Dengan mencermati secara jeli, tak ada perbedaan mencolok dalam karyanya itu. Rumah-rumah tradisional masih berdiri kuat. Namun, di samping bangunan tua, pelukis menghadirkan sebuah rumah tembok permanen. Rumah yang tampak dengan antena parabola untuk menyaksikan berbagai program televisi. Seorang lelaki berdiri di depan rumah permanen itu. Ia hanya menatap ke pekarangan rumahnya. Lewat semua lukisan yang ada, Kamal masih bermain dengan gaya naturalis. Lelaki kelahiran Pakadangan, Sumatra Barat, 1960, itu memiliki bakat. Tak mengherankan jika ia ingin lebih lagi melestarikan adat

MI/IWAN KURNIAWAN

istiadat. Kondisi alam yang menyebabkan bencana alam juga berhasil Kamal abadikan. Karya Robohnya Surauku (90x130 cm) menggam-

barkan sebuah rumah kecil yang porak-poranda saat gempa bumi beberapa tahun silam. Bangunan itu terhempas dan roboh menghadap ke aliran sungai.

LUKISAN ETNIS: Seorang pengunjung asik mengamati lukisan karya Kamal Guci di Galeri Cipta II, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Cerita rakyat Karya Kamal sangat lekat dengan unsur arsitektur rumah khas Minangkabau. Ia juga jeli dalam menghadirkan karya yang mengungkapkan cerita rakyat setempat. Karya Siti Nurbaya (70x95 cm) dan Malin Kundang (70x95 cm) cukup menarik perhatian meski dua karya itu telah dikisahkan lewat novel, film, dan teater. Lewat permainan warna yang ada, dua lukisan begitu khas. Karya Malin Kundang (70x95 cm), misalnya, menghadirkan seorang anak yang terjatuh ke tanah. Sementara kapal yang ada di sampingnya terlihat tenggelam. Badai diwarnai nuansa hitam dan putih. Sebuah badai muncul akibat kedurhakaan si anak kepada ibundanya. Unsur kehidupan dan adat istiadat menjadi bagian yang tak terlepaskan. Lewat lukisanlukisan itu, Kamal membungkam kecemasan dan kegalauan pada kampung halamannya. (Iwa/M-4)


10

K ULINER

MINGGU, 10 JULI 2011

Menggilai Bawang Putih Beberapa orang mungkin akan pikirpikir dulu sebelum menyantap makanan berkadar bawang putih tinggi. Namun, yang ini boleh jadi pilihan karena bebas bau menyengat dan nikmat.

Antioksidan hingga Pelangsing Badan

CHRISTINE FRANCISKA

D

INDING berbata merah, pintu kayu besar, dan lampu yang redup membawa pengunjung memasuki suasana Eropa pada abad pertengahan. Ruang makan dengan kayu berwarna dark cherry dan kursi kulit merah mengingatkan kita pada suasana kastel-kastel tua yang dihuni vampir penghisap darah--setidaknya seperti yang biasa ditampilkan dalam film. Akan tetapi, Anda tak perlu merasa takut. Sebab, sebagai penghias dekorasi, ada banyak bawang putih--dikenal sebagai pengusir vampir--yang menempel pada dinding. Bahkan, banyak juga yang menggantung di sekeliling chandelier. Vampir-vampir menakutkan dalam khayalan pun segera sirna, tergantikan oleh rasa penasaran akan menu istimewa yang segera tersaji. Ya, ini bukan kastel yang dihuni vampir, melainkan restoran Mad for Garlic di West Mall, Grand Indonesia, Jakarta. Menu yang dihadirkan merupakan perpaduan antara masakan Italia dan twist Korea. Sesuai dengan namanya, semua makanan memiliki rasa bawang putih yang menggoda. Nama-nama menunya pun unik. FOTO-FOTO: MI/USMAN ISKANDAR

Serba-garlic TETAP RINGAN: Piza bawang putih (atas) dan Seafood Pasta (bawah) termasuk dua andalan restoran Mad for Garlic. Meskipun menggunakan bawang putih, rasa dan aroma tetap ringan. Rasa juga makin kaya dengan paduan bahan lain, salah satunya keju. Sebagai pembuka, dracula killer bisa jadi pilihan. Menu ringan ini terdiri dari potongan roti bagel yang disajikan yang kita masukan di tiap makanan,” bawang putih memang sering dikondengan beberapa siung bawang putih tambah Wiwing. sumsi. Bawang putih memang memiPenambahan bawang putih pada yang dibalut olive oil. Di atasnya ada liki banyak manfaat, seperti mengutaburan keju parmesan yang menam- aneka makanan Italia ini ternyata tak rangi risiko serangan jantung dan tanggung-tanggung. Menurut Wiwing, bah rasa asin. menurunkan kolesterol. Sekilas, memakan bulat-bulat dua bawang putih bisa ditambahkan lima “Orang Korea bahkan bisa makan siung bawang putih dengan sepotong kali lebih banyak dari resep asli. Tidak satu siung bawang putih tanpa dimaroti memang agak menakutkan. Mak- mengherankan, dalam seminggu, Mad sak,” ujar Wiwing. lum, bawang putih biasanya memi- for Garlic bisa menghabiskan 170-200 Di Seoul saja, restoran ini sudah liki aftertaste yang menyengat dan tak kg bawang putih. Di samping itu, cabai memiliki 17 cabang. Pada 2009, Mad dalam berbagai bentuk pun dikreasinikmat. for Garlic hadir di Si ngapura dan Namun, jangan ragu untuk men- kan untuk menciptakan rasa pedas Wiwing W Oentoro akhirnya membuka cabang di Jakarta coba. Sebab, bawang putih ini ternyata yang menggelitik. pada April lalu. Kitchen Manager Mad for Garlic Pecinta piza jangan lewatkan garlic memiliki rasa yang ringan dan tekstur “Peminatnya sangat bagus. Rasanya yang lembut. Cita rasa bawang putih snowing pizza yang dibuat dari thin dengan kari, seafood, dan aneka chili (menunya) unik sekali dan cocok deterasa lezat dengan campuran keju. crust dengan potongan bawang putih, yang superpedas. ngan lidah masyarakat Indonesia,” “Untuk minuman, kita ada yojaade, Roni Prananto, Direktur Mad for udang, dan nanas segar. Bau menyengat yang khas Atau mixed cheese campuran honey citrus dan soda yang Garlic. bawang putih pun tidak pizza dengan per- segar,” kata Ridho Uli Artha, Marketterasa kuat. Restoran berkapasitas 180 orang ini paduan aneka ing Communication Executive Mad memiliki dua pintu masuk. Satu di da“Kami memiliki k e j u d a n for Garlic. teknik khusus unlam mal yang membawa pengunjung Ada lagi kejutan selepas menu uta- langsung ke dining area, satu lagi merubawang putih tuk menghilangkan ma. Makanan penutup menghadirkan pakan pintu masuk dari luar mal yang di atasnya. aftertaste yang tak Untuk pas- menu garlic ice cream yang memadukan membawa pengunjung ke area lounge. enak, tanpa meta, menu arra- rasa bawang dan es krim rasa vanila. ngurangi cita rasa Sebanyak 40 menu makanan disajikan Dua rasa tersebut memang tak dengan harga Rp60 ribu hingga Rp250 biata menghadan manfaat kesehadirkan rasa tomat biasa disandingkan, tetapi bukan ribu. Ada juga 40 pilihan wine, cocktail, tannya. Kita tak persegar dan pedas berarti tidak mungkin. Dengan dite- dan mocktail. lu khawatir akan bau yang memikat. Tak mani almond cookies, vanila dan cita mulut,” kata Wiwing W Bagi yang suka dengan privasi, lupa ada potongan rasa bawang putih ternyata lumer restoran juga menyediakan dua private Oentoro, Kitchen Manager halus bawang putih dengan asyik di mulut, menjadikan- room berkapasitas 16 dan 24 kursi. Mad for Garlic. dan irisan bacon yang nya penutup ritual makan yang me- Interiornya pun dibuat seperti kastel Untuk menu utama, memperkuat rasa. Lain- nyenangkan. restoran menyajikan berbagai Eropa pada abad pertengahan sehnya, ada garlicpeno pasta, menu pasta, piza, dan risotto, ingga membuat Anda seperti berada di seafood pasta, red devil, dan Favorit dengan sedikit sentuhan Korea. jamuan makan kerajaan. (M-3) triple garlic pasta. Untuk “Makanan Korea identik dengan Mad for Garlic merupakan restoran risotto, tersedia olahan nasi asal Korea. Di negeri asalnya itu, miweekend@mediaindonesia.com chili dan garlic. Sentuhan itu Yojaade

Kami memiliki teknik khusus untuk menghilangkan aftertaste yang tak enak, tanpa mengurangi cita rasa dan manfaat kesehatannya. Kita tak perlu khawatir akan bau mulut.”

PENGGUNAAN bawang putih sebagai makanan dan obat sudah dilakukan sejak ribuan tahun lalu di wilayah Asia, Afrika, dan Eropa. Bahkan di Mesir, bawang putih dianggap sebagai benda berharga yang digunakan sebagai mata uang. Lebih 300 varietas bawang putih kini tumbuh di seluruh dunia. Bawang putih Amerika, dengan kulit tipis berwarna putih dan rasa yang kuat, merupakan salah satu varietas yang paling umum ditemukan. Ada juga bawang putih Italia dan Meksiko, yang biasanya berwarna merah muda keunguan dengan rasa yang lebih ringan. Selain dimakan mentah-mentah atau dicampur sebagai bumbu masak, bawang putih bisa difermentasikan de ngan temperatur tinggi. Di Asia terutama di Jepang dan Korea, fermentasi bawang putih dinamai black garlic yang memiliki rasa manis dan asam dari cuka. Bawang ini menjadi makanan yang berharga karena memiliki kadar antioksidan yang tinggi. Di Amerika, bawang itu dipakai untuk makanan-makanan kelas atas saja. Lain halnya di Thailand, black garlic dipercaya dapat memperpanjang hidup seseorang. Ethnobotanist James Duke, salah satu ahli tanaman obat terkemuka di dunia, menempatkan bawang putih sebagai salah satu tanaman obat terbaik di dunia. Menurutnya, bawang putih efektif mengurangi kolesterol dan tekanan darah tinggi.

MI/USMAN ISKANDAR

“Bawang putih memiliki senyawa yang berpotensi mengobati lebih dari 200 penyakit,” kata Duke dalam buku The Green Pharmacy seperti yang dikutip Motherearthnews.com. Secara keseluruhan, bawang putih dapat membantu merangsang sistem kekebalan tubuh, menjadi obat antipembekuan dan antijamur terbaik, serta berpotensi untuk mencegah penyakit jantung dan kanker. Selain itu, bawang putih efektif menjaga berat badan dan melangsingkan karena menekan nafsu makan. Bau kuat dari bawang putih dapat meningkatkan sensitivitas otak terhadap leptin, sebuah hormon yang diproduksi sel lemak untuk mengatur nafsu makan. Bawang putih juga memiliki kemampuan untuk melepaskan hormon adrenalin yang mempercepat tingkat metabolisme. Dengan meningkatnya metabolisme, kalori yang dibakar pun semakin banyak sehingga dapat menurunkan berat badan. (CE/M-1)

REKOMENDASI

Sensasi Burger Raksasa di Resto Tropic JENIS makanan burger dan sup buntut bakar bukanlah sesuatu yang baru. Boleh dibilang, sebagian masyarakat pernah menikmati kedua jenis makanan itu. Akan tetapi, bila ingin menikmati burger dengan tekstur roti dan daging yang lembut, Anda bisa mencobanya di restoran Tropic di Hotel Grand Tropic. Uniknya, burger hasil karya Chef Wahyu Setiadi itu disajikan dalam porsi besar, berdiameter 20 cm. Itulah sebabnya dinamai giant burger. “Untuk ukuran burger sebesar itu bisa dikonsumsi empat sampai lima orang,” ujar Wahyu.

Isi giant burger sebetulnya tidak jauh berbeda dengan burger pada umumnya, yakni disajikan de ngan kentang goreng dan saus. Burger pun diisi daging, keju, dan sayuran. Namun, yang membuat giant burger istimewa adalah tekstur roti dan dagingnya yang lembut. Hal itu disebabkan burger diolah sendiri (hand made), mulai roti hingga daging gilingnya. Ka-

MI/PANCA SYURKANI

rena itu, rasa roti dan dagingnya berbeda dari burger yang dijual di tempat lain.

“Daging giling yang diperlukan untuk burger sebesar itu sedikitnya 200 gram. Selain itu, giant burger juga menggunakan saus barbeku dan keju mozzarella. Menu ini disediakan 24 jam,” tambahnya. Tak mengherankan jika burger seharga Rp48 ribu ++ per porsinya itu umumnya dipesan takeway oleh tamu-tamu yang tinggal di apartemen. Untuk sup buntut bakar, per

porsinya terdiri dari tiga potong daging buntut. Cara mengolahnya, kata Wahyu lagi, daging direbus dulu kemudian direndam semalaman dengan saus dan bumbu-bumbu, barulah dibakar. Menu seharga Rp74 ribu ++ itu juga menjadi pilihan favorit tamu-tamu di hotel tersebut. Selain dua menu favorit tersebut, buffet di restoran Tropic menyajikan menu lainnya, mulai cita rasa oriental hingga makanan ala Barat, seperti aneka steak dan aneka makanan Nusantara. “Tetapi kami lebih sering menyajikan menu oriental dan Nusantara,” tambah Wahyu. (Ros/M-1)

Ralat Pada kredit foto artikel Menikmati Ala Carte di Cafe One di rubrik Rekomendasi di halaman ini, edisi 3 Juli 2011, tertulis Dok Grand Tropic. Yang benar adalah Dok Cafe One Hotel Parklane. Dengan begitu kesalahan kami perbaiki.


J ADWAL FILM

MINGGU, 10 JULI 2011

11

ACARA TV ACARA HARI INI

MINGGU, 10 JULI 2011

04.28 Opening New Day 04.30 Metro Pagi 06.00 Headline News 06.05 Metro Pagi 07.00 Headline News 07.05 Dunia Kita 07.30 Menu and Venue 08.00 Headline News 08.05 Agung Sedayu Group 08.30 Agung Sedayu Group 09.00 Headline News 09.05 Talk Indonesia 09.30 Agung Sedayu Group: Green Lake 10.00 Headline News 10.05 Showbuzz 10.30 Metro Xin Wen 11.00 Headline News 11.05 Oprah Winfrey Show 12.00 Headline News 12.05 Metro Siang 13.00 Headline News 13.05 12 Pas 13.30 E-Lifestyle 14.00 Headline News 14.05 Rachael Ray Show 15.00 Headline News 15.05 Archipelago 15.30 Kick Andy 16.00 Headline News 16.05 Kick Andy 16.30 Newsmakers 17.00 Headline News 17.05 Metro Hari Ini 18.00 Headline News 18.05 Metro Hari Ini 18.30 Metro This Week 19.00 Headline News 19.05 Mario Teguh the Golden Ways 20.00 Headline News 20.05 Just Alvin 21.00 Headline News 21.05 Democrazy 22.00 Headline News 22.05 Zona Memori 23.00 Headline News 23.05 Metro 10 23.30 Metro Sport 00.00 Headline News 00.05 Metro Malam 01.00 Headline News 01.05 Talk Indonesia 01.30 Showbuzz 02.00 Headline News 02.05 12 Pas

02.30 Metro This Week 03.00 Headline News 03.05 Democrazy 04.00 Headline News 04.05 Archipelago

04.30 Indonesia Berdoa: Teledakwah 05.30 Nusantara 07.30 Cerdas Ria 08.00 Sekolah Alam 08.30 Berita Anak 09.00 Pesona Budaya Nusantara 09.30 Antar Gelanggang 10.30 Dapur Selebritis 11.00 Warta Siang 12.00 Pigura: Sumut 12.30 Daerah Membangun 13.00 Cita 13.30 Pelangi Desa 14.00 Dakocan 15.00 Tangga Nada 16.00 Sinetron 17.00 English News Service 17.30 Kuis Cerdas Cermat UUD 1945 18.30 Dokumenter 19.00 Warta Malam 20.00 Malam Minggu 21.30 Liga Prancis 00.00 Laporan Internasional 00.30 Jendela Dunia 01.30 Warta Terakhir

04.30 Siraman Qalbu 04.30 Off Air Event 04.45 Adzan Subuh Reguler 05.57 Filter KDI Star-1 06.00 Lintas Pagi 07.00 Bimbingan Rohani 07.30 Animasi Spesial 08.30 Upin & Ipin dan Kawan-Kawan 09.00 Gemes 10.00 Grebek Pasar 11.00 Jendela Wisata 11.30 Sidik Kasus 12.00 Layar Kemilau 13.30 Layar Spesial 15.00 Indahnya Sore 16.00 Boleh Begini Tapi Bukan Begitu 16.27 Filter KDI Star-2 16.30 Lintas Petang 17.00 Zona Juara 18.00 Animasi Spesial 18.00 Adzan Maghrib 18.30 Petualangan Didi Tikus 19.00 Kuis 20.10.2010-3 19.30 Upin & Ipin Dkk

20.00 Animasi 21.30 BPL 23.57 Filter KDI Star 00.00 Kuis BPL 00.03 BPL Mobile ESPN Quiz 00.33 Layar Tengah malam 02.30 Layar Tengah malam

04.30 Seputar Indonesia Pagi 05.30 Go Spot 06.30 Disney Club Kick Buttowski 07.00 Survived a Japanese Game Show 08.00 Doraemon 08.30 Dahsyat Weekend 11.00 Intens 12.00 Seputar Indonesia Siang 12.30 Lembaran Kasih 13.00 Si Kriwil 15.00 Seputar Indonesia 15.30 Silet 16.30 MasterChef Indonesia 18.30 Mega Sinetron Putri Yang Ditukar 20.15 Mega Sinetron Anugrah 22.30 Box Office Movie Shanghai Knights 01.00 Delik 01.30 Film Tengah Malam: Might Joe Young 03.30 Safa dan Marwah 04.00 Assalamu’alaikum Ustadz

03.00 Musik Klik! Weekend 04.00 Titian Iman 04.30 Topik Pagi 05.30 Lensa Olahraga 06.00 Kartun: Abu The Little Dinosaurus 06.30 Kartun: The Adventures of Little Crap 07.00 Kartun: Pororo The Little Penguin 07.30 Star Kids Ya Ia Iyalah 08.00 Anak Pemberani 08.30 Magic & Trick 09.00 Piss Man 09.30 Mati Gaya 10.00 Espresso Weekend 11.00 Kena Deh 11.30 Topik Siang 12.00 Musik Klik! Weekend 13.00 Planet Remaja 14.00 Demian Sang Ilusionis 14.30 Total Football 15.00 Djarum Indonesia Super League 17.30 Super Family 18.30 Djarum Indonesia Super League 21.00 Tawa Sutra

23.00 Most Shocking 23.30 Topik Malam 00.00 Makin Malam Makin Murah

04.30 Liputan 6 Pagi 06.00 Was Was 07.00 SCTV Musik Inbox 09.00 Hot Shot 10.00 SCTV FTV Pagi 12.00 Liputan 6 Siang 12.30 SCTV FTV Siang 14.30 Liputan 6 Petang 15.00 SCTV Musik “Hip Hip Hura” 17.00 SCTV Musik “Konser Sm*Sh” 19.00 SCTV Sinetron “Islam KTP” 20.00 SCTV Sinetron “Calon Bini” 21.30 SCTV Sinetron “Pesantren & Rock ‘N Roll” 22.30 SCTV Musik Spesial “Harmoni” 00.00 Potret Menebus Batas 00.30 SCTV Sinema Malam 02.30 Sinema Dini Hari

05.00 Mamah dan Aa 06.00 Penyejuk Iman Katolik 06.30 Kartun: Monkey Turns 07.00 Kartun: Digimon 07.30 Kartun: Dinosaurus 08.00 Kartun: Pokemon P & P 08.30 Kartun: Bakugan Battle Brawles New Vestroia 09.00 Power Ranger: Jungle Fury 09.30 Power Ranger: Opration Overdrive 10.00 Kartun: Dragon Ball Z 10.30 Kartun: Blue Dragon 2 11.00 Kartun: Bleach 3 11.30 Kartun: Yu Gi Oh 12.00 Kartun: Ben 10 Alien Force 12.30 Fokus Siang 13.00 The Me Out Indonesia 2 16.30 Sinema Keluarga 17.00 The Dating 18.00 The Him Out Indonesia 20.00 Taxi II 21.00 Love N Song 23.00 Without A Trace 3 00.00 Sinema India 01.00 Sinema Malam 02.30 Sinema Fajar 04.30 Aku Ingin Tahu

04.00 Lanjutan Sinema Dini Hari 04.30 Reportase Pagi 05.30 Islam Itu Indah

06.30 Insert Pagi 07.00 Menjamu Tamu 08.00 Jelajah 08.30 Celebrity on Vacation 09.00 Ceriwis 10.15 Ala Chef 11.00 Insert Siang 12.00 Griya Unik 12.30 Ngulik 13.00 Online Weekend 14.00 Bosan Jadi Pegawai 14.30 Hidup Kedua 15.00 Tarkam 16.00 John Pantau 16.30 Investigasi Selebriti 17.00 Reportase sore 17.30 Jika Aku Menjadi 18.15 Nilai Kehidupan 18.45 Termehek-mehek 19.30 Sketsa Weekend 20.30 Super X- Tion bersama Extra Joss 22.00 Bioskop Trans TV “Harry Potter and Order of Phoenix” 24.00 Bioskop Trans TV “Back to the Future” 02.00 Sinema Dini Hari

02.00 Wara Wiri 02.30 Sahurnya OVJ 04.30 Musafir 05.00 Tom & Jerry 05.30 Jalan Sesama 06.00 Sport 7 Akhir Pekan 06.30 Redaksi Pagi 07.30 Selamat Pagi 08.30 Harmoni Islam 09.30 Pop Twitt On 11.00 Asli Enak 11.30 Redaksi Siang Akhir Pekan 12.00 Selebrita on the Weekend 12.30 Si Bolang Jalan-Jalan 13.00 Buku Harian Si Unyil 13.30 Galeri Sepakbola Indonesia Minggu 14.00 One Stop Football on Sunday 14.30 Highlights Otomotif 15.00 Highlights MotoGP 15.30 Mancing Mania 16.00 Redaksi Sore 16.30 Jalan–Jalan Selebriti 17.00 Yusuf Mansur & Unyil 17.30 Rahasia Sunnah 18.00 Wara Wiri 18.30 Angel’s Job 19.00 BNI Aksi 20.00 Opera Anak 21.00 Pas Mantab 22.00 LA Lights Indiefest 2010 22.30 Mister Tukul 23.30 Theater 7 Spesial Striking

Distance

00.00 Live News Kabar Malam 01.00 Janji Wakil Rakyat 02.00 Documentary One 03.00 Kamus Kuliner 03.30 Titian Qolbu 04.30 Live News Kabar Pagi 06.30 Live CA Apa Kabar Indonesia Pagi 08.30 Fakta dan Data 09.00 Live News Kabar 9 09.30 Live News Kabar Pasar 10.00 Pariwara GR Setra 10.30 Khatulistiwa 11.00 Opini Siang 12.00 Live News Kabar Siang 13.00 Live News Kabar Keadilan 13.30 Expose 14.00 Tatap Muka Sore 15.00 Live News Kabar 15 15.30 Live News Kabar Pasar 16.00 Fakta dan Data 16.30 Telusur 17.00 Khatulistiwa 17.30 Live News Kabar Petang 19.30 Debat 20.30 Nama & Peristiwa 21.00 Live CA Apa Kabar Indonesia Malam 22.30 Hot Import Night 23.00 Backpacker 23.30 Live Sport Kabar Arena Pertandingan World Boxing

04.30 Eureka 7 05.00 Kartun: Dora the Explorer 06.00 Kartun: SpongeBob Squarepant 06.30 Kartun: SpongeBob Squarepant 07.00 Kartun: SpongeBob Squarepant 07.30 Kartun: SpongeBob Squarepant 08.00 Pinguin of the Madagascar 08.30 Pinguin of the Madagascar 09.00 One Piece 09.30 Dora the Explorer 10.30 Are You Smarter Than 5th Grader 11.00 Big Movie Lolipop 13.30 Global Siang 14.00 Teenlicious 15.00 Status Update 15.30 Berita Global 16.00 Sentul-Indonesia 16.30 Berita Global 18.00 Super Hero Kocak 21.00 Big Movie 22.00 The Death and Life of Bobby Z 23.00 Jelang Balap 23.30 F1 Racing-Canda

01.00 Global Malam 01.30 MTV Exit 02.00 MTV Ampuh 03.00 MTV Boiling Point 03.30 MTV Pranked 04.00 Gaiking

04.30 Silaturahim (RR) 05.00 Roti Bakar (RR) 06.00 Medika Natura (Live) 07.00 Mahakarya Agung Sedayu 07.30 Lejel 08.00 NBA Play Offs (Live) 10.30 Lejel 17.00 VOA Pop Notes 17.30 Automagz 18.00 NBA Play Offs (RR) 20.00 NBA Action 20.30 Serial Asia: Stairway to Heaven 21.30 Partitur 22.00 Roti Bakar 23.00 Komunitas Kita 23.30 Golf Sport 00.00 Choice is Yours 00.30 Jalan-Jalan Seru (RR) 01.00 Ketawa-Ketiwi (Live) 02.00 Klub Klip 04.00 Off Air

04.30 Titian Iman 05.00 DKI-15 05.30 O–Clip 06.00 Music Mix 06.30 O Shop 07.30 Dem-O 08.00 Property TV 08.30 Lejel Home Shopping 09.30 Jaco Home Shopping 10.00 DRTV 10.30 Uptown TV 11.00 EZ Shop 11.30 O-Shop 12.00 Rekomendasi 12.30 EZ Shop 13.30 Music Lite 14.00 Lejel Home Shopping 14.30 DRTV 15.00 Lejel Home Shopping 16.00 Rekomendasi 16.30 Home To Make 17.00 Lejel Home Shopping 17.30 Jaco Home Shopping 18.30 Jakarta’s Event 19.00 Sparkling Asia–Piano 20.00 Backyard Adventure 20.30 Franchise TV 21.00 Word Sport

21.30 Martial Art 22.00 Paranoia 22.30 Militer 23.00 O-Channel Week End Movie 01.00 DKI-15 01.30 Chatmate 02.30 O-Channel Late Night Movie

05.00 TV E 05.35 Max & Ruby New Season 06.10 Mr. Moon 06.50 Anak Juara 07.30 Panggung Durian 08.00 Miss Spider’s Sunny Patch Friends 08.35 Cooking Class 09.00 Monchichi Series 09.30 DR TV 10.05 Toopy & Binoo 10.40 Franklin 11.20 Kung Fu Story of Taiji Panda 12.00 Ninja Hatori New Season 12.40 Daigunder 13.20 Pintar Menggambar 13.55 Baby And I 14.30 The Shoe People 15.00 Mutiara Hati 15.35 Quiz Me Science 16.00 Ellen’s Acres 16.30 Super Shopping 17.05 Ayo Main Go for Speed 17.40 Santri Zone 18.20 Dharma For Kids 18.55 Informasi Mata Anak 19.30 Survive This 20.00 The Song of Tentomushi 20.35 Dragon League 21.10 Sehat Bersama Herbal 22.10 Let’s & Go Max

* Acara TV sewaktu-waktu bisa berubah

JA DWA L SA LAT DK I Ja k a rta & Se k ita rnya Subuh ...................... 04.43 Zuhur ........................ 12.00 Asar

......................... 15.22

Magrib ....................... 17.55 Isya

........................... 19.08


S ELEKTA

MEDIA INDONESIA | MINGGU, 10 JULI 2011 | HALAMAN 12

Polisi masih belum Periksa Dewie dan Nurpati

ONLINE HARI INI

k

POLISI sudah memeriksa sejumlah saksi dari Mahkamah Konstitusi (MK) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait dengan kasus pemalsuan surat putusan MK. Namun, polisi belum berencana memeriksa politikus Partai Hanura Dewie Yasin Limpo dan mantan anggota KPU Andi Nurpati. ANTARA Wakil Kepala Bareskrim Polri Matheus Salempang Irjen Matheus Salempang meWakil Kepala Bareskrim Polri ngatakan berita acara pemeriksaan (BAP) belum memasukkan hasil pemeriksaan Panja Mafia Pemilu DPR RI yang menyebut Dewie pernah menawarkan imbalan kepada KPU jika dibantu memenangi perhitungan suara pemilu. “BAP baru memasukkan pengakuan panitera MK Zaenal Arifin Hoesein dan juru panggil MK Mashuri Hasan yang menghancurkan surat keputusan MK yang asli. Mereka juga membuat surat palsu yang isinya menambah jumlah suara sehingga Dewie mendapat kursi di DPR RI,” kata Salempang di Jakarta, kemarin. Di sisi lain, Ketua Umum Partai Hanura Wiranto menegaskan partainya akan terus membela Dewie yang diduga terlibat dalam kasus kursi haram DPR. “Partai Hanura heran mengapa orang yang tidak diuntungkan, orang yang tidak dapat kursi, justru menjadi objek kecurigaan adanya pemalsuan surat MK. Dewie Limpo hanya objek dari proses yang diduga palsu,” kata Wiranto dalam Pelantikan dan Rapat Kerja I Bappilu Pusat Partai Hanura di Jakarta, kemarin. Secara terpisah, Panitia Kerja Mafia Pemilu di Komisi II DPR RI berniat membongkar semua kecurangan pada Pemilu 2009 dan tidak berhenti hanya pada soal kasus pemalsuan surat MK. Ketua Panja Chairuman Harahap mengatakan proses penyelidikan oleh panja juga berhasil mengungkap fakta-fakta lain selain soal pemalsuan surat. Fakta itu termasuk temuan tidak profesionalnya KPU dalam menyelenggarakan pemilu. “Letak kelemahan KPU ada pada rapat pleno pengambilan keputusan. Panja juga menemukan ada mekanisme rapat pleno yang didominasi orang-orang tertentu saja,” kata Chairuman yang enggan berkomentar soal apakah yang disebut mendominasi itu Andi Nurpati. (San/*/I-1)

William dan Kate Sowan ke Negeri Paman Sam PENGANTIN baru Kerajaan Britania Raya, Pangeran William dan Kate Middleton, memulai kunjungan tiga hari mereka ke ‘Negeri Paman Sam’. Kedatangan Duke dan Duchess of Cambridge tersebut disambut Gubernur California Jerry Brown di Los Angeles International Airport, Jumat (8/7) waktu setempat. Dengan disongsong kehangatan mentari khas California Selatan, pasangan muda itu langsung menuju Beverly Hills untuk mempromosikan investasi di bidang teknologi dan media kepada para pengusaha Amerika Serikat (AS) dan Inggris. Bak magnet besar, kehadiran William dan Kate menyedot atensi besar dari media massa dan masyarakat setempat. Sorotan media terutama ditujukan terhadap Kate lantaran kunjungan ke AS ini merupakan kali pertama putri berambut cokelat itu. Tidak mengherankan jika media massa di Los Angeles pun mengerahkan segala upaya guna meliput kunjungan pasangan ahli waris takhta Kerajaan Inggris tersebut. Helikopter dari berbagai stasiun televisi lokal bahkan turut ‘mengawal’ iring-iringan kendaraan keluarga kerajaan dari bandara menuju Beverly Hills. Warga setempat pun berkerumun di tepi-tepi jalan menanti konvoi kendaraan William dan Kate melintas. Setiba di gedung konferensi Beverly Hills, William yang mengenakan jas hitam dan Kate da-

lam balutan gaun minimalis yang chic disambut tepuk tangan 300 orang peserta konferensi. Baik pangeran maupun sang istri kemudian melakukan presentasi di hadapan para eksekutif papan atas AS. Seusai membahas prospek industri teknologi media Inggris, William dan Kate mengelilingi ruang pameran. Sesekali mereka berhenti dan berbincang dengan beberapa manajer perusahaan serta mencoba sejumlah media sosial dan beberapa peralatan video. “Fantastik. Saya sangat menikmatinya,” kata William. Sehari setelah itu, William dan Kate akan menghadiri pertandingan polo di Santa Barbara. Bersama beberapa selebritas Holly wood, Pangeran William direncanakan turut bermain dalam pertandingan itu. Sabtu (9/7) malam (Minggu WIB), pasangan yang menikah pada April lalu itu akan menghadiri jamuan makan malam yang diselenggarakan British Academy for Film and Television. Dalam makan malam itu, 42 kaum muda Inggris dari berbagai profesi seperti pemain film, sutradara, dan desainer video game akan dipertemukan dengan sejumlah eksekutif perusahaan film Hollywood. (*/Reuters/ E-3)

lik!

mediaindonesia.com me edia

Lexus bukan Raja Mobil Mewah LEXUS keluaran Toyota Motor Corp akan mengakhiri kekuasaannya selama 11 tahun sebagai merek mewah teratas di pasar Amerika Serikat. Maklum, mereka kehilangan penjualan pascagempa dan tsunami yang menimpa Jepang. Manajer Umum Divisi Lexus Mark Templin memaparkan bahwa penjualan Lexus di Amerika akan jatuh sekitar 17% pada 2011. Padahal, Amerika merupakan pasar terbesar untuk Lexus. Semua model Lexus, kecuali SUV Lexus RX 350, dibuat di Jepang. Pabrik di Cambridge, Ontario, Kanada, akan membuat RX 350 kembali dengan kapasitas penuh pada September. Kebanyakan pabrik perakitan model Lexus Jepang kini telah kembali ke kekuatan penuh. Penjualan Lexus di Amerika turun 38% pada Juni akibat diler kehabisan produk utama. Penjualan Lexus jatuh 18% pada semester pertama 2011 untuk 88.010 unit. BMW dan Daimler AG dengan Mercedes-Benz, malah berlari cepat. Penjualan BMW naik 13% menjadi 113.705 unit. Mercedes-Benz naik 7% menjadi 110.926 unit. (Rtr/OL-5)

Rp3 Triliun untuk Nelayan Miskin

Prita Diminta Ajukan PK Masyarakat jangan emosional dan sebaiknya mendukung Prita mengajukan peninjauan kembali. FARDIANSAH NOOR

P

UTUSAN kasasi Mahkamah Agung (MA) yang membatalkan vonis bebas murni terhadap Prita Mulyasari menuai kecaman berbagai pihak. Bahkan Komisi III DPR (bidang hukum) meminta jaksa untuk tidak langsung mengeksekusi Prita, tetapi menunggu peninjauan kembali (PK) yang akan diajukan Prita. Anggota Komisi III DPR Martin Hutabarat (F-Gerindra) di Jakarta kemarin menilai putusan itu janggal karena MA menabrak rasa keadilan publik. Martin juga meminta Prita segera menyiapkan PK untuk diajukan ke MA. Prita dibawa ke Pengadilan Negeri Tangerang dengan dakwaan mencemarkan nama baik Rumah Sakit Omni International Alam Sutera, Tangerang, Banten. Jaksa sempat menahannya. Namun, PN Tangerang dalam vonisnya membebaskan Prita. Jaksa mengajukan kasasi dan kemudian MA mengabulkan. “Mahkamah Agung telah memberi kesan sebagai lembaga antiklimaks. Sebelumnya di tingkat pengadilan negeri sudah diputus bebas. Kok, MA malah menghukumnya lagi. MA harus mempertanggungjawabkannya kepada publik,” kata Martin. Anggota Komisi III DPR lainnya, Syarifuddin Sudding (Hanura), mengatakan Komisi III akan memanggil MA terkait dengan putusan kasasi perdata yang berbeda dengan pidana untuk kasus yang sama, tapi masih menunggu putusan resmi kasasi MA tersebut. Di satu sisi MA mengabulkan kasasi jaksa untuk perkara pidana Prita, tetapi sebelumnya MA memenangkan Prita atas perkara perdatanya. Pada 11 Mei 2009, PN Tangerang memenangkan gugatan perdata RS Omni dengan mewajibkan Prita membayar kerugian. Prita mengajukan

banding dan dikabulkan MA. Prita dibebaskan dari kewajiban membayar ganti rugi. Namun, ternyata kasasi pidana Prita terus berlanjut. Putusan kasasi MA menyatakan Prita bersalah dalam kasus pencemaran nama baik terhadap RS Omni International. Prita terancam hukuman pidana enam bulan penjara.

Dukung PK Tidak hanya DPR, Komisi Yudisial (KY) juga heran dengan putusan kasasi MA itu. Wakil Ketua KY Imam Anshori Saleh menyatakan prihatin dengan nasib Prita sekaligus heran de ngan perbedaan putusan pidana dan perdata. “Selama tidak menerima laporan atau menemukan indikasi penyimpangan terhadap kode etik dan pedoman perilaku hakim, KY tidak akan mempersoalkan putusan kasasi itu,” ujar Imam di Jakarta, kemarin.

Mahkamah Agung telah memberi kesan sebagai lembaga antiklimaks.” Martin Hutabarat Anggota Komisi III DPR Imam juga menegaskan keputusan tersebut sudah inkrach atau berkekuatan tetap. “Namun, Prita masih mempunyai hak untuk mengajukan PK jika ada novum atau bukti baru,” ujarnya. Imam menambahkan, mungkin saja MA melihat ada kesalahan penerapan hukum yang dilakukan majelis hakim pengadilan negeri yang membebaskan Prita. KY mengimbau dalam masyarakat tidak emosional menanggapi putusan kasasi tersebut. ‘’Sebaiknya dukung saja upaya Prita untuk mengajukan PK. Itu lebih elegan,” imbuhnya. (*/X-4) fardiansah@mediaindonesia.com

REUTERS/CHRISTINNE MUSCHI

Pesawat Jatuh, 127 Tewas MI/PALCE AMALO

MENTERI Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad berjanji pada 2012 akan mengalokasikan 50% anggaran institusinya untuk nelayan miskin. Diperkirakan, anggaran Kementerian Kelautan dan Perikanan pada tahun depan mencapai Rp6 triliun. “Sekitar Rp3 triliun secara khusus diperuntukkan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan yang hidupnya masih di bawah garis kemiskinan,” kata Fadel di ITB, Jawa Barat, kemarin. Ia mengakui, sejak menjadi menteri, anggaran untuk nelayan miskin terus meningkat. Awalnya 19%, sekarang menjadi 30%. “Tahun ini, anggaran untuk nelayan kita tambah Rp1,2 triliun,” kata Fadel Muhammad. (Ant/OL-5)

SEBUAH pesawat Boeing 727 terjatuh ke hutan belantara tidak jauh dari Bandara Internasional Kisangani di Kinshasa, Republik Demokratik Kongo, Jumat (8/7). Insiden itu menewaskan 127 orang. Juru bicara Kementerian Transportasi Kongo, Gudile Bualya, mengatakan pesawat milik maskapai Hewa Bora itu jatuh saat mencoba mendarat di bandara tersebut. Kecelakaan terjadi di tengah hujan lebat yang melanda kawasan itu. Dia menyatakan 127 orang tewas

BACAAN FAVORIT

1 2 3

SELERA MUSIK PENGARUHI HUBUNGAN ASMARA PENASARAN dengan kisah asmara Anda yang selalu berakhir di luar harapan? Nah, kesalahan bisa jadi terletak pada selera musik Anda. Sebuah studi baru menunjukkan bahwa musik benar-benar memprediksi daya tarik seksual. (Media Perempuan) INGGRIS PERKETAT LARANGAN MEROKOK TAHUKAH Anda, ternyata merokok di dalam kendaraan lebih merusak kesehatan Anda daripada menghirup asap knalpot. Ahli kesehatan Douglas Noble dari British Medical Association (BMA) mengklaim hal tersebut. (Media Hidup Sehat) BELAJAR KESEHATAN TUBUH DI MUSEUM MUSEUM Corpus di Oegstgeest, Belanda, merupakan tempat yang tepat untuk menjelaskan kepada anak Anda cara sistem kerja tubuh manusia. Museum ini menawarkan perpaduan antara taman hiburan dan museum pengetahuan tentang kesehatan tubuh. (Media Travelista)

dalam insiden tersebut. Sebanyak 51 orang lainnya ditemukan selamat. Pernyataan Bualya ini menyangkal keterangan resmi maskapai Hewa Bora sebelumnya yang menyebutkan penumpang di pesawat tersebut berjumlah 110 orang. Dari jumlah itu, yang tewas 53 orang dan 57 lainnya selamat. “Mereka telah mengurangi data jumlah penumpang,” katanya. CEO Hewa Bora Stavros Papaioannou mengakui insiden yang menimpa maskapainya. “Pilot mencoba untuk mendarat. Akan tetapi,

pesawat tidak menyentuh landasan pacu,” jelas Papaioannou kepada Reuters melalui sambungan telepon. Kecelakaan di Kisangani, kota pelabuhan dan pusat komersial di timur Kongo, menambah panjang daftar kecelakaan di negara Afrika tengah tersebut. Negara yang luasnya menyamai Eropa Barat ini memiliki catatan kecelakaan pesawat terburuk di dunia. Maskapai-maskapai negeri ini, termasuk Hewa Bora, dimasukkan ke daftar hitam oleh Uni Eropa meskipun telah mendapat sertifikasi dari pemerintah setempat. Kecelakaan itu juga merupakan kecelakaan maut kedua yang dialami maskapai Hewa Bora dalam tiga tahun terakhir. Pada 2008, pesawat DC-9 milik maskapai tersebut terjatuh di Goma, kota di timur Kongo. Insiden itu menewaskan 44 orang. Jean-Paul Bongisa, reporter televisi pemerintah, kepada Reuters mengatakan operasi penyelamatan terhambat karena sulitnya menjangkau reruntuhan pesawat. Meski hanya berjarak sekitar 200 meter dari landasan pacu, lokasi pesawat berada di tengah hutan lebat. Transportasi di banyak wilayah Kongo harus dilakukan melalui udara dan sungai. Luasnya wilayah Kongo membuat pemerintah setempat tidak mampu menyediakan transportasi darat yang memadai. (*/AP/Reuters/I-2)

MI/RAMDANI

ATRAKSI BUDAYA JEPANG: Parade kebudayaan Jepang digelar dalam rangkaian Jakarta Little Tokyo Ennichisai 2011 di kawasan perbelanjaan Blok M, Jakarta Selatan, kemarin. Selain budaya, juga digelar berbagai kostum, makanan, minuman, dan atraksi lainnya khas ‘Negeri Sakura’.


S TYLE

YANG MUDA SUARAKAN ANTIKORUPSI Mengatasi korupsi bukan semata tuntutan, melainkan tindakan nyata yang juga bisa dilakukan anak muda. Move, Hlm 17

| MINGGU, 10 JULI 2011 | HALAMAN 13

MI/HERVINNY

Tampilkan Karakter lewat

Gaun Pengantin

Christian Dior

Christophe Josse

REUTERS/GONZALO FUENTES

tampilan sederhana dan bersih dengan siluet lurus. Daya tarik utama diletakkan pada bagian bahu, dengan potongan leher yang rendah dan efek kain menyilang. Ekspos bagian bahu itu memang kesukaan Putri Charlene. “Idenya adalah membuat tampilan total yang modern, tanpa ada maksud nostalgia atau rivalisme,” kata Armani seperti dikutip peoplestylewatch.com. Nostalgia dan rivalisme yang dimaksud desainer 76 tahun itu terkait dengan gaun fenomenal ibu mertua Putri Charlene, mendiang Putri Grace Kelly. Gaun yang dipakai Kelly pada 1956 itu memang masih diingat hingga kini, bahkan ikut menjadi inspirasi gaun pengantin istri Pangeran William,

REUTERS/REGIS DUVIGNAU

Gaya personal bisa dimasukkan ke gaun pengantin lewat siluet atau detail busana. BINTANG KRISANTI

J

ULI kerap jadi bulan bahagia. Banyak pasangan berikrar janji sehidup semati, termasuk para pesohor dunia. Di awal bulan ini, sudah dua pernikahan besar berlangsung, yakni pernikahan Pangeran Albert II dari Monako dengan mantan perenang Afrika Selatan Charlene Wittstock dan pernikahan supermodel Kate Moss. Meski pernikahan sebenarnya tentang penyatuan dua orang, nyatanya pengantin wanita--atau tepatnya dandanan pengantin wanita-menjadi pembicaraan paling hangat. Terlebih, keduanya sama-sama terkenal dengan gaya busana mereka. Moss, 37, telah beberapa kali dianugerahi penghargaan fesyen, termasuk oleh Council of Fashion Designer

of America dan majalah Vanity Fair. Sejak 2007, salah satu model terkaya di dunia itu juga digandeng peritel fesyen Top Shop untuk membuat lini busana. Adapun sepak terjang fesyen Putri Charlene memang belum sebesar Moss. Meski begitu, wanita berusia 33 tahun itu pun dipuji karena gaya yang sophisticated sekaligus chic. Wanita yang tampil di Olimpiade 2000 itu piawai dalam menonjolkan keindahan bahu dan posturnya yang tinggi langsing, tanpa terlihat murahan. Putri Charlene juga makin akrab dengan busana-busana desainer dunia, bahkan ia jadi semacam ‘duta’ bagi Armani karena sering tampil dengan koleks i ru m a h mode Italia itu.

Sebastian Gunawan

MI/ANGGA YUNIAR

AP/JONATHAN SHORT

Bohemian vintage Moss yang menikah dengan Jamie Hinch, gitaris band The Kills pada Jumat (1/7) tidak mengecewakan ekspektasi penggemarnya. Wanita yang berkarier sejak usia 16 tahun itu lagilagi memberikan wacana fesyen yang berbeda dengan gaun pengantin bergaya bohemian. Seperti gayanya selama ini yang sedikit urakan tapi tetap chic, gaun pengantin Moss sebenarnya terlihat simpel dan effortless dengan bentuk leher V dan potongan bias. Di sisi lain, gaun berbahan sifon itu juga mewah dan berkelas dengan sematan batuan payet emas yang berkilauan. Masih ada lagi detail yang menarik, yakni gaya menerawang di bagian tungkai yang memberi

Jamie Hinch dan Kate Moss (atas), Pangeran Albert II dan Putri Charlene (bawah).

kesan seksi. Tampaknya, potongan itu akan menjadi tren seperti gaya busana Moss lainnya. Gaun yang dibuat khusus oleh sahabat Moss, John Galliano--mantan desainer Christian Dior-itu juga sangat pas dengan suasana kota kecil Southrop, Inggris, yang jadi tempat pernikahan. Gaya pernikahan yang romantik kasual makin kuat dengan setelan jas biru muda dan kemeja bergaris dari Yves Saint Laurent yang dikenakan Hinch.

Modern Seperti Moss, gaun Putri Charlene juga mencerminkan gaya busananya selama ini. Hal itu tidak mengherankan karena gaun dengan ekor lima meter itu dirancang khusus oleh desainer favorit sang putri, Giorgio Armani. Armani membuat

Chanel

Catherine Duchess of Cambridge. Walau berbeda gaya, gaun Armani tidak kurang mewah. Sulaman bunga bertabur Swarovski dan mutiara menghiasi bagian bawah, dari depan hingga ekor gaun. Itu dikerjakan dengan tangan selama 100 jam. Senada dengan itu, dalam pekan peragaan Adi Busana yang minggu ini berlangsung di Paris, Prancis, para desainer juga menawarkan gaun-gaun pengantin dengan gaya tidak biasa. Desainer Karl Lagerfeld, dalam koleksi Chanel, menyajikan gaun pengantin bergaya draperi menyilang di bagian depan. Ekor gaun bukan diciptakan dari rok, melainkan justru dari pundak hingga menciptakan kesan jubah. Di lain sisi, dalam peragaan Christian Dior, ditampilkan gaun dengan bentuk atas yang longgar, seperti blus dan rok bervolume. Di Tanah Air, dalam peragaan tunggalnya beberapa waktu lalu, desainer Sebastian Gunawan mengangkat gaya vintage yang diberi sentuhan modern. Ia membuat gaun-gaun pengantin dengan rok ekstra lebar yang dipadukan dengan siluet silang. Sebagai ganti penutup kepala, para pengantin itu mengenakan jaring rambut yang cantik. Sentuhan pada penutup kepala atau detail baju bisa menjadi jalan agar para pengantin tampil cantik tanpa kehilangan karakter mereka. (nymag.com/people. com/M-3) miweekend@ mediaindonesia.com

REUTERS/BENOIT TESSIER

REUTERS/BENOIT TESSIER

BLITZ Tenun ala Shafira

Robbie Williams Buat Busana

Gaya Transparan Berlanjut

SALAH satu brand busana muslimah kenamaan Indonesia, Shafira, kembali meluncurkan koleksi terbarunya. Dengan mengusung tema Beyond borders, merek yang telah berusia 22 tahun itu mencoba keluar dari kotak batasan koleksi busananya yang sejak dulu bercirikan tunik atau gamis klasik. “Kami mencoba untuk membawa koleksi lebih ke taste global. Menginternasionalkan fesyen islamic, tanpa meninggalkan pakem yang ada,” ungkap CEO Shafira Group of Company, Gilsar Wahju Setijono, di Hotel Darmawangsa, Jakarta, Rabu (6/7). Internasionalisasi ala Shafira itu nyatanya tidak melupakan unsur lokal. Sentuhan tenun dan batik cetak digital tampil di atas bahan sutra, sifon, serta tule. Keunikan juga terlihat pada blus dan kerudung rajut yang mengesankan garis kontemporer, tanpa menanggalkan kenyaMI/PANCA SYURKANI manan paduan bahan katun. Shafira juga menonjolkan kekuatan gaya padu padan yang modern, melalui blus-blus longgar, jaket tenun, yang serasi dipadukan dengan celana jins hingga rok panjang. (SN/M-5)

SETELAH lama tidak terdengar kabarnya, penyanyi Robbie Williams membuat berita kejutan. Mantan anggota grup vokal Take That itu, pada September mendatang, akan meluncurkan label busananya. Label busana kelas menengahnya dinamakan sesuai nama belakang sang kakek, Farrel. Sebagaimana dikutip guardian. co.uk, minggu lalu, koleksi busana Farrel akan didominasi jas, jaket, jaket semiformal, hingga kardigan. Meski begitu, gaya busana yang ditawarkan dikatakan tidak persis benar dengan gaya busana pria 37 tahun ini. Nyatanya, itu sengaja dilakukan untuk mendapat pasar yang lebih luas. Williams juga tidak mendesain busana AP/MARKUS SCHREIBER secara langsung, tetapi hanya memberikan persetujuan atau tidak untuk desain yang diajukan timnya. Musikus terjun ke dunia fesyen memang menjadi tren beberapa tahun ini. Beberapa melakukannya dengan total, seperti Victoria Beckham. Namun, banyak juga yang hanya mengikuti selera pasar. Semoga Williams tidak sekadar aji mumpung. (Big/M-3)

GAYA transparan yang naik daun sejak setahun lalu rupanya masih terus disukai. Desainer-desainer dunia belum jengah mengeluarkan gaya tersebut dalam koleksi mereka. Ini pula yang terlihat dalam pekan peragaan adi busana di Paris, Prancis, baru-baru ini. Dalam peragaan rumah mode Chanel, desainer Karl Lagerfeld menerapkan gaya transparan pada sepatu-sepatu bot. Bagian punggung kaki hingga bagian atas bot dibiarkan terlihat dengan bahan transparan. Dengan begitu, seolah Anda mengenakan sepatu hak tinggi biasa, tapi mengenakan kaus kaki. Di akhir show, sepatu-sepatu itu menjadi bagian penutup acara yang atraktif, yakni dengan lampu yang menyala di ujung sepatu. Gaya transparan tersebut musim lalu sukses dipopulerkan rumah AP/THIBAULT CAMUS mode Dolce & Gabbana. Duo desainer Domenico Dolce dan Stefano Gabbana mengeluarkan gaun koktail provokatif berbahan menerawang. (Big/M-3)


14

H EALTH

MINGGU, 10 JULI 2011

Pahami P3K Hindarkan Korban Langkah-langkah pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) tetap perlu diketahui masyarakat sebagai pengetahuan dasar guna meminimalkan efek negatif korban kecelakaan. DINNY MUTIAH

jelas gugur. Ini kan namanya juga sukarela,” tukas Marketing Manager PT Darya Varia Yogi Priyantoro.

M

ASIH ingat istilah P3K? Winie Pratiwi rupanya tidak lupa. Pekerja bidang perbankan yang memiliki satu anak perempuan itu mengaku mempersiapkan kebutuhan P3K keluarga dalam sebuah kotak. Isinya alat dan obat-obatan darurat, termasuk termometer, inhaler, obat gosok untuk meredakan pernapasan yang tersumbat, alat sedot lendir di hidung, dan salep untuk mengatasi pembengkakan. “P3K penting buat anak gue. Tapi, harusnya gue belajar untuk pertolongan pertamanya kali, ya,” sahutnya kepada Media Indonesia di Jakarta, beberapa waktu lalu. Jawaban senada juga disampaikan presenter Andhara Early. Ibu dari Maghali Inala Netar itu mengaku menyediakan kotak P3K yang berisi perlengkapan kesehatan dan obat darurat. Ia menganggap keberadaan kotak P3K sangatlah penting sebagai persiapan untuk kecelakaan yang tidak diharapkan. Meski demikian, ia mengaku lupa pelajaran P3K dasar yang pernah diterimanya sehingga memilih menolong orang lewat tangan ketiga. “Selama ini belum pernah sih ngalamin kecelakaan berat. Kalau luka-luka kecil, paling diolesi Betadine, pakai perban, atau kasa. Atau, ada yang pusing-pusing, dibalur minyak kayu putih sama obat pusing,” celotehnya beberapa waktu lalu. Bukan sekadar kotak Dalam lingkup keluarga, kotak P3K merupakan persiapan menghadapi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Namun, P3K memang bukan sekadar kotak. P3K merupakan tindakan awal yang dapat dilakukan untuk membantu penderita pada suatu kecelakaan, sebelum mendapat penanganan lebih lanjut dari pihak medis. Berdasarkan penuturan

MI/M IRFAN

LATIHAN: Pelatih mengamati dan memberikan contoh melakukan praktik membalut luka terbuka pada sebuah pelatihan pertolongan pertama di Jakarta, beberapa waktu lalu. Pertolongan pertama pada kecelakaan perlu diketahui dan dipahami masyarakat guna meminimalkan korban akibat penanganan yang tidak tepat. Ketua Bidang Kesehatan Unit Transfusi Darah Rumah Sakit PMI dr Farid Husain SpBd, korban kecelakaan dapat meninggal dunia karena penanganan yang tidak tepat oleh warga yang kebetulan menolong di tempat. Maka dari itu, pendidikan kepada masyarakat menjadi kebutuhan mendasar agar efek negatif akibat pertolongan yang tidak tepat bisa diminimalkan. “Masyarakat harus diajari bagaimana menjamin jalan napas korban agar tetap aman.

Sirkulasi darahnya juga tetap terjaga. Jangan panik ketika memberi pertolongan. Itu saja sudah bisa mencegah pasien cacat atau kematian pasien,” ujar Farid dalam jumpa pers program Indonesia Beraksi di Jakarta, beberapa waktu lalu. Ia menegaskan pengetahuan tentang pertolongan pertama ini semakin penting, mengingat kondisi Indonesia yang rawan bencana alam. Tidak hanya mengetahui tindakan pertolongan yang bisa dilakukan, tetapi juga sikap tenang yang

Jangan panik ketika memberi pertolongan. Itu saja sudah bisa mencegah pasien cacat atau kematian pasien.” dr Farid Husain SpBd Rumah Sakit PMI

harus diterapkan saat korban berjatuhan. Ia mencontohkan Jepang. Saat tsunami melanda, kisah Farid, warga yang terluka tetap mengantre guna mendapatkan pertolongan pertama dari petugas medis. Mereka sadar sikap saling serobot hanya akan memperlambat proses evakuasi atau pengobatan yang dilakukan ahli medis. Jepang juga menerapkan sistem perbantuan sukarela yang aktif untuk menolong para korban. Hal itu membuat

jumlah korban akibat bencana jadi minimal. “Kita (PMI) bisa melatih dan menyiapkan tenaga relawan. Semestinya relawan memang diperbanyak, terutama di daerah-daerah kritis yang dianggap rawan,” cetus Farid. Penggalangan relawan muda dalam kisaran usia 18-21 tahun salah satunya dilakukan sebuah perusahaan obat. “Yang penting mereka punya kemauan untuk menolong sesama. Kalau sudah menanyakan apa yang akan mereka dapat, mereka

Meluntur Generasi muda memang menjadi sasaran utama dalam memberikan pelayanan kesehatan sukarela. PMI melansir ada sekitar 1,641 juta orang yang tergabung dalam Palang Merah Remaja dari berbagai level. Jumlah tersebut merupakan tambahan kekuatan untuk sekitar 100 ribu relawan PMI yang sudah terlatih. Jumlah itu, sambung staf subdivisi kesehatan masyarakat PMI Astrid Firdianto, sebenarnya masih sangat kurang. Padahal, penyelamatan pertama penting untuk menyelamatkan jiwa. “Kami sangat berminat bekerja sama dengan generasi muda karena mereka adalah agen perubahan yang punya sense untuk mengabdi kepada masyarakat. Hanya sayang, belakangan hal itu meluntur,” imbuhnya. Pendidikan soal bencana alam sebenarnya bisa diselipkan tidak hanya di pelajaran sekolah, tapi juga saat ujian mengemudi. Hal itu berlaku di Eropa, misalnya Jerman. Beberapa materi yang perlu diketahui, jelas Astrid, adalah praktik pencegahan cedera dan pertolongan pertama pada kecelakaan menggunakan peralatan sederhana, pengantar manajemen bencana, pengorganisasian masyarakat untuk mempermudah mobilisasi, promosi kesehatan masyarakat sebagai pencegahan, dan simulasi kejadian. “Promosi itu bagian dari pencegahan. Kan lebih baik mencegah daripada mengobati. Kita identifikasi dulu masalah kesehatan dan dampak bencana alam di suatu wilayah, kemudian dijelaskan antisipasinya. Penjelasannya bahkan bisa memakai media permainan ular tangga,” sahutnya. (M-3) miweekend @mediaindonesia.com

INFO SEHAT

Bersih-Bersih Rumah Pangkal Sehat

MEMBAKAR kalori tidak harus selalu ke pusat kebugaran. Mengerjakan tugas-tugas rumah tangga pun sama bermanfaatnya untuk kebugaran tubuh. Malahan, riset di London, Inggris, menunjukkan bahwa kegiatan membersihkan rumah dapat menghindarkan orang dari stres. Syaratnya, kegiatan tersebut harus dilakukan setidaknya selama 20 menit sekaligus dan harus membuat lelah hingga napas terengah-engah. Konselor bidang depresi Jennifer B Baxt bahkan menyatakan banyak orang merasa lebih baik setelah melakukan kegiatan membersihkan rumah. “Membersihkan seluruh rumah itu seperti membersihkan hidup kita sendiri,” kata dia. Beberapa terapis juga merekomendasikan kegiatan membersih-

kan rumah sebagai salah satu cara untuk mengalihkan perhatian dari sesuatu yang membuat orang stres. Kegiatan itu menjadi salah satu cara efektif melepas emosi dan energi saat orang merasa frustrasi atau marah. Namun, tentu saja, jika Anda merasa stres setiap hari sampaisampai harus membersihkan rumah yang sebenarnya baru saja dibersihkan, cobalah berkonsultasi dengan ahlinya. Selain menjaga kebersihan rumah sembari berolahraga serta melepas stres, kegiatan bersihbersih rumah juga bisa dijadikan ajang anak-anak untuk berbagi tugas. Rumah bersih, tubuh bugar, pikiran bebas stres, anak-anak pun terlatih untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan. Nah, berikut beberapa pekerjaan rumah yang bisa dilakukan:

Membersihkan jendela, diperkirakan membakar 200 kalori per jam. Jika dilakukan dengan serius, Anda sekalian melatih otot lengan dan punggung.

1 2

Membersihkan debu rumah, diperkirakan membakar 160 kalori per jam. Selipkan stretching atau peregangan saat membersihkan debu di tempattempat yang sulit terjangkau.

5

Menyedot debu lantai, diperkirakan membakar 165 kalori per jam. Merupakan latihan kardio sekaligus melatih otot lengan.

6

Menyikat lantai, diperkirakan membakar 350 kalori per jam. Lengkapi diri dengan pelindung lutut saat melakukannya.

Membuat kue, diperkirakan dapat membakar 263 kalori per jam. Tentu saja, Anda tidak perlu memakan semua kue sendirian, kecuali ingin mengembalikan kalori yang sudah dibuang.

3 4

Melipat pakaian, diperkirakan membakar 40 kalori dalam 20 menit. Jika dilakukan sembari berdiri, kegiatan ini bisa membakar kalori lebih banyak jika dibandingkan dengan duduk.

Memandikan anjing peliharaan, diperkirakan membakar 200 kalori per jam.

7

Mengganti seprai kasur dan merapikan tempat tidur, diperkirakan membakar 15 kalori. (Hivehealthmedia/BBC/ Care2/Mentalhelper/Wey/M-1)

8

MI/PANCA SYURKANI

Pendiri: Drs. H. Teuku Yousli Syah MSi (Alm) Direktur Utama: Rahni Lowhur-Schad Direktur Pemberitaan: Saur M. Hutabarat Direktur Pengembangan Bisnis: Alexander Stefanus Dewan Redaksi Media Group: Elman Saragih (Ketua), Ana Widjaya, Andy F.Noya, Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Djafar H. Assegaff, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Saur M. Hutabarat, Sugeng Suparwoto, Suryopratomo, Toeti Adhitama Redaktur Senior: Elman Saragih, Laurens Tato, Saur M. Hutabarat Deputi Direktur Pemberitaan: Usman Kansong Kepala Divisi Pemberitaan: Kleden Suban Kepala Divisi Content Enrichment: Gaudensius Suhardi Deputi Kepala Divisi Pemberitaan: Abdul Kohar Sekretaris Redaksi: Teguh Nirwahyudi Asisten Kepala Divisi Pemberitaan: Ade Alawi, Fitriana Siregar, Haryo Prasetyo, Ono Sarwono, Rosmery C.Sihombing Asisten Kepala Divisi Foto: Hariyanto

Redaktur: Agus Mulyawan, Anton Kustedja, Cri Qanon Ria Dewi, Eko Rahmawanto, Eko Suprihatno, Hapsoro Poetro, Henri Salomo Siagian, Ida Farida, Jaka Budisantosa, Mathias S. Brahmana, Mochamad Anwar Surahman, Sadyo Kristiarto, Santhy M. Sibarani, Soelistijono Staf Redaksi: Adam Dwi Putra, Agung Wibowo, Ahmad Maulana, Ahmad Punto, Akhmad Mustain, Amalia Susanti, Andreas Timothy, Aries Wijaksena, Asep Toha, Basuki Eka Purnama, Bintang Krisanti, Christina Natalia S, Clara Rondonuwu, Cornelius Eko, David Tobing, Denny Parsaulian Sinaga, Deri Dahuri, Dian Palupi, Dinny Mutiah, Dwi Tupani Gunarwati, Edwin Tirani, Edy Asrina Putra, Emir Chairullah, Eni Kartinah, Eri Anugerah, Fardiansah Noor, Gino F. Hadi, Heru Prihmantoro, Heryadi, Ignatius Santirta, Iis Zatnika, Intan Juita, Irana Shalindra, Irvan Sihombing, Iwan Kurniawan, Jajang Sumantri, Jerome Eugene W, Jonggi Pangihutan M., K. Wisnubroto, Kennorton Hutasoit, M. Soleh, Maya Puspitasari, Mirza Andreas, Mohamad Irfan, Muhamad Fauzi, Nurulia Juwita, Raja Suhud V.H.M, Ramdani, Ratna Nuraini, Rommy Pujianto, Selamat Saragih, Sidik Pramono, Siswantini Suryandari, Sitriah Hamid, Sugeng Sumariyadi, Sulaiman Basri, Sumaryanto, Susanto, Syarief Oebaidillah, Thalatie Yani, Tutus Subronto, Usman Iskandar, Wendy Mehari, Windy Dyah Indriantari, Zubaedah Hanum Biro Redaksi: Dede Susianti (Bogor) Eriez M. Rizal (Bandung); Kisar Rajagukguk (Depok); Firman Saragih (Karawang); Yusuf

Riaman (NTB); Baharman (Palembang); Parulian Manulang (Padang); Haryanto (Semarang); Widjajadi (Solo); Faishol Taselan (Surabaya) MICOM Asisten Kepala Divisi: Tjahyo Utomo, Victor J.P. Nababan Redaktur: Agus Triwibowo, Asnawi Khaddaf, Patna Budi Utami, Widhoroso Staf Redaksi: Heni Rahayu, Hillarius U. Gani, Nurtjahyadi, Prita Daneswari, Retno Hemawati, Rina Garmina, Rita Ayuningtyas, Yulia Permata Sari, Wisnu Arto Subari Staf: Abadi Surono, Abdul Salam, Budi Haryanto, Charles Silaban, M. Syaifullah, Panji Arimurti, Rani Nuraini, Ricky Julian, Vicky Gustiawan, Widjokongko DIVISI TABLOID, MAJALAH, DAN BUKU (PUBLISHING) Asisten Kepala Divisi: Gantyo Koespradono, Jessica Huwae Redaktur: Agus Wahyu Kristianto, Lintang Rowe, Regina Panontongan Staf Redaksi: Adeste Adipriyanti, Arya Wardhana, Handi Andrian, Nia Novelia, Rahma Wulandari CONTENT ENRICHMENT Asisten Kepala Divisi: Yohanes S. Widada Periset: Heru Prasetyo (Redaktur), Desi Yasmini S

Bahasa: Dony Tjiptonugroho (Redaktur), Aam Firdaus, Adang Iskandar, Mahmudi, Ni Nyoman Dwi Astarini, Riko Alfonso, Suprianto ARTISTIK Redaktur: Donatus Ola Pereda, Gatot Purnomo, Marjuki, Prayogi, Ruddy Pata Areadi Staf Redaksi: Ali Firdaus, Ananto Prabowo, Andi Nursandi, Annette Natalia, Aria Mada, Bayu Wicaksono, Budi Setyo Widodo, Dharma Soleh, Endang Mawardi, Fredy Wijaya, Gugun Permana, Hari Syahriar, Haris Imron Armani, Haryadi, Lisa Saputra, Marionsandez G, M. Rusli, Muhamad Nasir, Muhamad Yunus, Nana Sutisna, Novi Hernando, Nurkania Ismono, Permana, Putra Adji, Tutik Sunarsih, Warta Santosi PENGEMBANGAN BISNIS Kepala Divisi Marketing Communication: Fitriana Saiful Bachri Kepala Divisi Marketing Support & Publishing: Andreas Sujiyono Asisten Kepala Divisi Iklan: Gustaf Bernhard R Asisten Kepala Divisi Sirkulasi-Distribusi: Tweki Triardianto Perwakilan Bandung: Arief Ibnu (022) 4210500; Medan: Joseph (061) 4514945; Surabaya: Tri Febrianto (031) 5667359; Semarang: Desijhon (024) 7461524; Yogyakarta: Andi Yudhanto (0274) 523167; Palembang: Andi Hendriansyah, Ferry Mussanto (0711) 317526, Pekanbaru: Bambang Irianto 081351738384.

Telepon/Fax Layanan Pembaca: (021) 5821303, Telepon/ Fax Iklan: (021) 5812107, 5812113, Telepon Sirkulasi: (021) 5812095, Telepon Distribusi: (021) 5812077, Telepon Percetakan: (021) 5812086, Harga Langganan: Rp67.000 per bulan (Jabodetabek), di luar P. Jawa + ongkos kirim, No. Rekening Bank: a.n. PT Citra Media Nusa Purnama Bank Mandiri - Cab. Taman Kebon Jeruk: 117-009-500-9098; BCA - Cab. Sudirman: 035-306-5014, Diterbitkan oleh: PT Citra Media Nusa Purnama, Jakarta, Alamat Redaksi/Tata Usaha/Iklan/Sirkulasi: Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat - 11520, Telepon: (021) 5812088 (Hunting), Fax: (021) 5812102, 5812105 (Redaksi) e-mail: redaksi@mediaindonesia.com, Percetakan: Media Indonesia, Jakarta, ISSN: 0215-4935, Website: www.mediaindonesia.com, DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK, WARTAWAN MEDIA INDONESIA DILENGKAPI KARTU PERS DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA ATAU MEMINTA IMBALAN DENGAN ALASAN APA PUN


L IFE & FAMILY

MINGGU, 10 JULI 2011

15

Matikan Televisi Hidupkan Komunikasi Maraknya program televisi khusus untuk bayi membuat orang tua terbuai, sengaja membiarkan anak menontonnya tanpa diimbangi komunikasi nyata. Hati-hati, kemampuan bicara anak bisa terhambat. WENDY MEHARI UTAMI

S

ENIN (4/7) sore itu merupakan jadwal Alma, 2 tahun 11 bulan, menjalani terapi wicara di Child Care Center, Pondok Aren, Tangerang. Bocah perempuan berambut lurus itu datang dengan didampingi nenek dan kakak perempuannya yang berusia lima tahun. Di lantai dua pusat terapi itu, dalam satu dari tiga ruang terapi yang berdinding busa, Alma duduk di kursi kayu kecil. Sari, terapisnya, duduk di hadapannya, dipisahkan sebuah meja kayu. Sari menunjukkan kartu-kartu bergambar dari kertas tebal sembari bertanya kepada Alma, benda apa yang ditunjukkan gambar itu. Sesekali fokusnya tampak teralihkan oleh kehadiran Media Indonesia di dalam ruangan. Lalu, Sari mengembalikan perhatian sang bocah dengan bertepuk tangan sembari memanggil namanya. Ia juga sesekali meraup sepasang pipi Alma yang gembil agar sepasang mata bulatnya tetap menatap Sari. Menurut sang terapis, Alma termasuk peserta yang mengalami perkembangan pesat dalam terapi wicara yang berlangsung hampir setahun itu. “Dia masih suka echolalia, yaitu mengulang apa yang kita katakan. Beberapa suara konsonan juga masih hilang,” tutur Sari. Saat Sari menunjuk telinga, misalnya, Alma menyebut ‘uping’, bukannya ‘kuping’. Juga, ia menyebut ‘angang’ saat Sari menunjuk tangan. Namun, sang terapis membenarkan ucapan Alma sampai ia bisa menyebut dengan benar. Kemampuan komunikasi Alma pun dilatih lewat tanya jawab. “Alma mandi pakai apa?”, tanya Sari. “Abun! (sabun),” jawab sang bocah. Lalu, setelah Alma menyebut pisang, sesuai dengan kartu bergambar yang ditunjukkan, Sari kembali bertanya, “Alma suka makan pisang pakai apa?.” Dengan lantang anak perempuan yang akan berusia tiga tahun pada Agustus mendatang itu menjawab, “Eju! (keju)”.

Televisi Alma juga sudah bisa menyanyi. Dengan suara pelan, dibantu instruksi Sari, ia menyanyikan lagu Burung Kakatua dan Topi Saya Bundar, untuk Media

MI/ WENDY MEHARI

TERAPI WICARA: Seorang anak sedang menjalani terapi wicara di sebuah pusat terapi anak berkebutuhan khusus di Tangerang, beberapa waktu lalu.

Indonesia. Dulu, sebelum ikut terapi, Fifi, nenek Alma, berujar cucunya itu belum dapat mengeluarkan kata-kata, apalagi menyanyi. “Kita sempat khawatir, sudah dua tahun kok belum keluar kata-kata. Ngomongnya enggak jelas, ngikutin doang. Padahal dulu kakaknya seumur itu sudah banyak berkatakata,” kata warga Pamulang, Tangerang, itu. Sehari-hari Alma dan kakaknya memang diasuh

Fifi. Orang tua mereka bekerja dari pagi sampai malam. “Ibunya biasanya berangkat pukul 07.00 WIB, pulang sampai rumah bisa pukul 22.00,” tutur Fifi. Dia juga mengakui, sejak bayi, Alma kerap disuguhi saluran televisi khusus bayi. “Iya memang, sejak bayi dikasih nonton televisi,” kata Fifi, seraya menyebut dua saluran khusus bayi pada televisi berbayar.

Orang Tua Harus Peka TERAPI wicara untuk anak-anak yang mengalami keterlambatan dalam berbicara tidak langsung menjadikan anak bisa berkata-kata. Siharnayati, terapis Child Care Center, menyebut ada tahap massage di area rahang guna melenturkan mulut dari luar. Ada pula terapi oral dengan tiga sikat gigi khusus--satu untuk gigi, satu untuk lidah, dan satu untuk gusi serta dinding mulut bagian dalam--guna melenturkan mulut dari dalam. Anak juga diberi imitasi oral motor, lewat gerakan-gerakan seperti menggelembungkan pipi, memonyongkan mulut, mingkem, menjulurkan lidah, dan meniup. “Setelah itu baru diajarkan bunyi vokal a, i, u, e, o, dan mulai suku kata,” jelas Arna, panggilan Siharnayati, ketika ditemui di pusat terapi anak-anak berkebutuhan khusus yang berlokasi di Pondok Aren, Tangerang, Senin (4/7). Saat orang tua cemas karena anak tak kunjung berkata-kata pada usia dua tahun, mereka bisa mengonsultasikan itu ke dokter agar ia diperiksa secara medis. Setelah gangguan keterlambatan bicara didiagnosis, biasanya dokter merekomendasikan terapi wicara. Ada pula orang tua yang langsung menyambangi pusat terapi saat menyadari ada gangguan pada anak. Arna berkisah tentang salah satu anak didik yang dikeluhkan orang tuanya karena tak kunjung berbicara, padahal usianya sudah lima tahun. “Sudah bertahun-tahun terapi di tempat

yang berbeda-beda, masa enggak ada perkembangan. Kan aneh,” tuturnya. Tiga bulan berselang, Arna tak kunjung mendapati perkembangan. Si anak lalu disarankan agar diperiksakan ke dokter. Benar saja, nyatanya si anak didiagnosis mengalami gangguan pendengaran yang bisa dikatakan cukup parah. “Ini sebenarnya bisa lebih awal ditanggapi orang tua. Tapi orang tua kadang kurang peka, malah menganggap anak ini sifatnya cuek banget, dipanggil kok enggak segera menyahut. Atau berpikir, ‘ah mungkin memang belum waktunya ngomong’. Kasihan kan,” tambah Arna lagi. Semakin orang tua terlambat menyadari gangguan, perkembangan anak jadi taruhannya. “Jelas, anak jadi terhambat, harusnya sudah bisa sekolah, tapi belum bisa,” terangnya. Peran keluarga pastinya utama. Arna mencontohkan ada anak yang sudah hampir setahun menjalani terapi wicara, tapi belum kunjung berkembang. “Setelah kita telusuri, ternyata di rumah pun orang tuanya sangat pendiam, jarang ngobrol. Ada lagi anak yang memang membaik kemampuan bicaranya, tapi masih saja kurang jelas. Eh, ternyata orang-orang di keluarga sering mengajak dia ngobrol pakai bahasa bayi, dicadel-cadelin gitu. Wah, itu juga sebaiknya jangan deh. Pakai bahasa Indonesia yang baik saja sejak awal,” begitu Arna menyarankan. (Wey/M-1)

Sembari tersenyum, Fifi melanjutkan, “Katanya kan memang buat bayi, eh, ternyata enggak baik juga, ya.” Terapis Siharnayati--biasa dipanggil Arna--ikut tersenyum, lalu berujar bahwa kasus gangguan keterlambatan bicara seperti itu sering terjadi. “Iya, sekarang kecenderungannya anak-anak berkebutuhan khusus seperti ini. Banyak banget kasus-kasus orang tua sibuk. Anak-anak sejak bayi difasilitasi televisi saja,” tutur Arna. Normalnya, tambah dia, saat menginjak usia dua tahun, seharusnya anak sudah bisa mengucap 200 kata. Lebih awal lagi, bayi di bawah satu tahun harus sudah mulai bubbling alias mengoceh. Pola asuh ialah kuncinya. “Karena biasa nonton televisi, anak paling-paling mengeluarkan suara-suara planet mengikuti suara televisi,” tutur Arna sembari mencontohkannya. Yang dibutuhkan anak ialah komunikasi dua arah guna melatih kemampuan komunikasi dan berbicara. “Orang juga suka ada yang capek, pulang kerja, anaknya disuruh main aja sama embak (pengasuh anak). Kalo embaknya bisa ngajak ngobrol, masih bagus. Sering kan embak nungguin anak main, nonton televisi juga, malah sambil nelpon,” tutur Arna, prihatin. Keluarga Lebih penting lagi, terapi wicara pada anak yang terlambat berbicara bersifat membantu. “Intinya tetap di rumah, di keluarga. Yang diajarkan di sesi terapi harus diulang lagi di rumah. Terapi kan paling-paling 1 jam setiap pertemuan. Sekali seminggu atau tiga kali seminggu, ya, enggak ada manfaatnya juga kalau orang tua atau keluarga tidak mengulangnya,” ucap Arna. Karena itu, Arna dan rekan-rekan terapisnya selalu melaporkan kepada orang tua anak apa saja yang diajarkan dalam pertemuan. Dengan begitu, orang tua atau pengasuh dapat mengulang latihan di rumah. “Kita sebagai terapis atau guru senang banget kalau lihat anak sudah bisa bicara. Seperti Alma itu termasuk cepat, setelah tiga bulan terapi, perkembangannya mulai terlihat,” lanjut Arna. (M-1) miweekend@mediaindonesia.com

KONSULTASI

Mantan Pacar Ingin Merajut Cinta Lagi Pertanyaan: PERKENALKAN nama saya Ina Syarief, usia 33 tahun, tinggal di Tangerang, Banten. Setelah menjalani kehidupan rumah tangga selama 10 tahun, ada rasa penyesalan yang mendalam. Itu bukan karena sikap suami saya. Selama sepuluh tahun itu perjalanan rumah tangga saya normal-normal saja meski tidak dikaruniai anak. Perlu Bapak ketahui, status saya adalah istri kedua. Namun sebelum memutuskan untuk menikah dengan suami saya ini, istri pertama (suami saya) merestuinya. Bahkan kedua anaknya hidup bersama kami. Dan istri pertama dengan sukarela memutuskan untuk tinggal di kampung di Jawa Timur. Ada semacam komitmenlah di antara kami bertiga sebab suami saya setahun bisa dua kali mengunjungi istri pertamanya. Persoalan muncul. Wajar kan jika sebagai perempuan normal saya ingin melihat dunia yang lebih realistis. Baik itu dari sisi ekonomi atau kehidupan yang normal. Ada perasaan dimadu itu makan hati, apalagi kehidupan ekonomi kami pas-pasan. Di tengah perasaan yang melanda ini, tiba-tiba lewat Facebook pacar saya waktu sekolah (SMA) menghubungi saya. Dia, yang kini memiliki posisi penting di BUMN, dengan meyakinkan ingin merajut cintanya kembali meski mengetahui

status saya saat ini. Bahkan untuk membuktikan janjinya dia bersedia meminta saya langsung kepada suami saya saat ini. Dia pun berterus terang saat ini sudah berkeluarga dan tidak dikaruniai anak. Saya jadi bingung saat ini, sebab sebenarnya saya dalam hati juga mencintai man-

FREDY

tan pacar saya itu. Di sisi lain, saya saat ini sebagai istri muda orang lain. Mohon sarannya. Terima kasih. Ina di Tangerang Jawaban: IBU Ina Syarief yang terhormat, ada kalangan yang memiliki konsep pernikahan yang sangat fundamental, yaitu ‘sekali untuk seumur hidup’. Rupanya konsep ini bukanlah aliran yang diikuti oleh Ibu Ina. Bila ada kelompok orang yang menyatakan bahwa mengambil keputusan menikahi seseorang adalah keputusan besar yang perlu pertimbangan secara matang, pertimbanganpertimbangan itu sebenarnya merupakan pemikiran atau pertimbangan seseorang guna bisa mendapatkan pilihan yang ‘tepat’ dalam memilih jodohnya. Entah teori apa yang Ibu Ina anut 10 tahun yang lalu ketika memutuskan pernikahan dengan suami yang sekarang ini. Namun yang saya duga, Ibu Ina lebih cenderung untuk mudah ‘bongkar pasang’ pernikahan. Sebenarnya konsep seperti ini juga dianut oleh kelompok tertentu. Jadi tidak ada sesuatu yang benar ataupun salah dalam hal ini.

Hanya kita mau ikuti aliran yang mana. Nah, sekarang Ibu Ina mau konsep seperti apa? Seandainya akan mengikuti aliran ‘menikah untuk sepanjang hidup’, apa iya sudah dipertimbangkan secara matang menikah dengan suami orang (mantan pacar)? Apakah ini hanya akan menuai hasil yang sama seperti sebelumnya bahwa pada dasarnya Anda tidak ingin dimadu? Berpikir panjang dengan segala pertimbangan tentu lebih baik sebelum mengambil keputusan. Bila benar Anda sudah merasa tidak cocok lagi dengan suami yang sekarang, mengapa tidak putuskan saja terlebih dulu untuk ‘menghentikan’ pernikahan Anda dengan suami sekarang? Mumpung Anda masih muda, masih banyak kesempatan. Dan nanti yang berstatus single (jejaka/ duda) akan menjadi pilihan utama sebagai calon suami Anda. Ayo berpikirlah secara lebih jernih untuk mengambil keputusan yang besar ini. Semoga Tuhan akan memberikan petunjuk. Insya Allah. Dr Danardi Sosrosumihardjo SpKJ RS Premier Jatinegara, Jakarta Jika Anda ingin berkonsultasi, kirimkan pertanyaan ke e-mail miweekend@mediaindonesia.com


16

M ETRO TV HIGHLIGHTS

MINGGU, 10 JULI 2011


17

MINGGU, 10 JULI 2011

DIREKTORI

Gerakan Antikorupsi MARAKNYA isu korupsi yang berkembang di Tanah Air ternyata ‘menggelitik’ banyak pihak untuk melakukan gerakan antikorupsi berbasis kekuatan anak muda. Tentu saja aksi mereka tidak bisa berlangsung tanpa adanya dukungan dari anak muda, seperti kamu. Berikut ini beberapa referensi organisasi yang juga berkomitmen untuk melahirkan Indonesia bebas korupsi!

Indonesia Corruption Watch (ICW)

FOTO-FOTO: DOK. MTI

Yang Muda Suarakan

Antikorupsi

Masyarakat Pemantau Peradilan Indonesia (Mappi) n Badan bentukan Universitas Indonesia ini memfokuskan visinya pada pengontrolan pengadilan di Indonesia. Salah v ssatu misi lembaga di bawah naungan Fakultas Hukum ini ialah membangun kembali kepercayaan masyarakat pada ia lembaga peradilan yang bersih dan berwibawa. le Gedung D lantai 4, kampus baru UI Depok Telp: 021 7073 7874 Situs: www.pemantauperadilan.com

Mengatasi korupsi bukan semata tuntu tuntutan, utan, melainkan tindakan nyata yang juga bis sa bisa dilakukan anak muda.

Masyarakat Transparansi Indonesia

HERVINNY WONGSO

T

IDAK ada papan besar bertuliskan tuntutan atau teriakan keras bernada kekecewaan. Yang ada hanya coretan gambar di lembaran kertas A3, ide liar peserta yang muncul diselingi canda tawa. Di kala mahasiswa lain menghabiskan akhir pekan mereka dengan serangkaian hiburan, sekitar 40 mahasiswa gabungan beberapa jurusan ini memilih mengikuti serangkaian pelatihan menuju mimpi Indonesia Bebas Korupsi. “Tadinya ada sekitar 50 formulir yang masuk, cuma kita saring menjadi 20 orang supaya kelasnya tidak terlalu ramai,” ujar Rendy, project manager workshop My Dream, My Way, My Action. Acara yang berlangsung selama 2 hari itu diadakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) President University. Acara yang diadakan atas kerja sama dengan Suara Pemuda Anti Korupsi (SPEAK), Transparency International (TI) Indonesia, dan Young Change Makers Ashoka Indonesia tersebut bertujuan meningkatkan kepedulian anak muda untuk melakukan gerakan antikorupsi. Ternyata membahas antikorupsi tidak selalu bersentuhan dengan hal-hal serius seperti politik. Menurut SPEAK dan kawan-kawan, menyontek atau bolos sekolah juga termasuk tindak korupsi. “Korupsi tidak harus berupa penyelewengan

Lewat slogan ‘Bersama Rakyat Berantas Korupsi’, organisasi ini menitikberatkan aksinya untuk membuka kasus-kasus korupsi kepada masyarakat. Dalam aksinya, organisasi yang memanggil aktivisnya dengan sapaan ‘sahabat ICW’ ini memegang teguh nilai keadilan sosial dan kesetaraan gender, demokratis, dan kejujuran. Dengan kata lain, semua masyarakat punya hak yang sama untuk mendapatkan kejujuran atau melaporkan kejanggalan yang terjadi, khususnya dalam tindak korupsi. Sekretariat ICW Jl Kalibata Timur IV/D No 6 Jakarta Selatan Telp: 021 7901 885 Situs: www.antikorupsi.org

dana. Segala bentuk uk penyalahgunaan amanah manah dan kekuasaan untuk kepentingan pribadi badi juga sudah termasuk k korupsi,” terang Redha a Dungga, fasilitator dari SPEAK PEAK Indonesia, saat berbincang ncang dengan Move. Topik antikorupsi rupsi yang diangkat Redha dan an kawan-kawan tentu tidak menjadi jadi pembahasan yang bisa didiskusikan skusikan dengan mudah. Oleh sebab ebab itu, beberapa sistem pengajaran n yang berbeda juga coba dibongkar pasang oleh SPEAK agar terbentuk sebuah ebuah sistem yang mampu menarik k minat anak muda untuk membahas isu korupsi.

Pendekatan berbeda Anak muda butuh pendekatan berbeda untuk menimbulkan semangat antikorupsi. Oleh sebab itu, SPEAKdan kawan-kawan menghindari pemaparan berlebih tentang korupsi yang dilakukan pemerintah karena hanya akan menjadi informasi ‘membosankan’ tanpa jalan keluar. Organisasi yang berdiri pada 2010 itu lebih menanamkan ide kepada pemuda bahwa yang dibutuhkan saat ini bukan sekadar tuntutan kepada pelaku korupsi, melainkan gerakan nyata untuk membersihkan tindak korupsi dari kehidupan kita sehari-hari. Jika melihat ide yang muncul dari para peserta, tampaknya metode pelatihan seperti itu cukup bisa

memberikan pemahaman kepada anak muda berkaitan dengan semangat antikorupsi. Dalam presentasi terakhir, peserta berhasil melahirkan sejumlah ide untuk gerakan antikorupsi yang cukup menarik, di antaranya Youth Anti Corruption Music School, yakni gerakan antikorupsi berbasis musik, atau Anti Time Corruption at College yang mencetuskan dikeluarkannya petisi untuk ketepatan waktu belajar mengajar di sekolah. “Workshop ini meyakinkan saya kalau anak muda bisa menjadi agen untuk perubahan sosial,” ujar Philip, penggagas Youth Anti Corruption Music School, dengan semangat. Workshop My Dream, My Way, My Action merupakan gerakan rutin yang diadakan, baik di sekolah maupun kampus. “Ada sekolah yang kurang kooperatif saat kita ajak untuk bekerja sama. Namun, ada pula pihak yang sangat tertarik untuk mengadakan kegiatan ini,” tambah Redha yang mengungkapkan bahwa beberapa daerah seperti Makassar, Papua, Aceh, dan Semarang telah menyampaikan ketertarikan untuk membuat kegiatan serupa di kota mereka. “Kita bermimpi untuk melahirkan anak muda dengan visi ‘anti corruption is my fashion and passion’,” ujar Redha.

Antikorupsi kepada anak muda Menanamkan pentingnya gerakan antikorupsi kepada anak-anak muda juga menjadi salah satu agenda Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI). Bekerja sama dengan Yayasan

K e m i traan, MTI membidik generasi yang lebih muda, yakni pelajar SMA/SMK, melalui acara Youth Leadership Camp 2011 dengan tema Students go anti corruption. Selama tiga hari, sebanyak 38 generasi putih abu-abu yang terpilih berdasarkan hasil seleksi penulisan esai antikorupsi diberi pembekalan yang dirancang agar mereka dapat menjadi duta muda antikorupsi di lingkungan masing-masing. Ideide segar tentang perang terhadap korupsi pun lahir dari anak-anak muda tersebut. Tentu saja dengan pendekatan yang sesuai dengan usia mereka. “Saya tukang nyontek, tapi saya pengen berubah,” tegas Monica Gabryella, siswi SMA Negeri 8 Tangerang, saat mempresentasikan konsep gerakan antikorupsi. Ia bersama peserta dari Tangerang lainnya bertekad menjadi agen perubahan dengan mengusung gerakan Voice the Truth sebagai aksi nyata mereka memerangi korupsi. Dengan berpegang pada prinsip ‘believe in yourself, kelompok Tangerang itu ingin menularkan kejujuran yang dimulai dari lingkungan terdekat, seperti keluarga dan sekolah. Ide-ide menarik juga datang dari kelompok lainnya, seperti peserta Bogor yang membuat konsep acara Bogor Anti Corruption Fair 2011, atau para pelajar Depok yang ingin mewujudkan Sekolahku Bebas Korupsi. Menariknya, menurut Program Manager YLC 2011, Eflin Sinulingga, MTI akan memfasilitasi penuh konsep para peserta agar bisa diwujudkan. Termasuk dari segi pendanaan. Kalau sudah begitu, berarti semua anak muda sudah sepakat untuk melawan korupsi tidak hanya lewat wacana semata, tetapi dengan tindakan yang nyata! (Dip/M-6)

Organisasi yang satu ini menekankan pentingnya transparansi dalam berbagai bidang kehidupan. Transparansi p tidak hanya berarti keterbukaan, tetapi juga mencakup ti aadanya partisipasi aktif masyarakat dalam mengelola sumber daya publik sehingga kesempatan untuk melakukan b korupsi dapat dikurangi. k The Promenade Building Lot 10 Jl Warung Buncit Raya No 98, Jakarta Selatan Situs: www.transparansi.or.id

Indonesian Legal Roundtable (ILR) Pemberantasan korupsi akan berkaitan erat dengan keadilan dalam penegakan hukum. Lahirnya Indonesian k Legal Roundtable bertujuan mendorong dan memperkuat L proses perubahan hukum yang telah berjalan serta mewup judkan adanya penegakan keadilan yang lebih merata. ju Tebet Utara II No 9, Tebet, Jakarta Selatan Telp: 021 8291745 Situs: www.ilr.or.id

OPINI MUDA

PROGRAM ANTIKORUPSI Aku mulai ‘gerah’ dengan korupsi saat melihat terjadinya penyelewengan dana OSIS di sekolahku sendiri, tepatnya waktu aku SMA. Di sana aku berpikir, tega sekali pihak sekolah memanfaatkan dana anak-anak, yang mungkin didapatkan dengan susah payah, hanya untuk kepentingan pribadi. Mirisnya, aku juga enggak bisa ngapa-ngapain. Makanya aku langsung tertarik untuk bergabung dengan SPEAK, ketika bertemu mereka pada 2010 kemarin. MemDOK. PRIBADI berantas korupsi tidak harus bersentuhan dengan pejabat. Membiasakan diri untuk mulai taat dengan hal-hal kecil seperti tidak menyontek, atau tidak bolos, juga sudah merupakan bentuk antikorupsi. Adrian Danar Wibisono Koordinator SPEAK, Mahasiswa Teknik Elektro UI

Kalau dulu aku hanya bisa menuliskan kekesalan terhadap korupsi lewat tulisan saja, di acara ini aku mendapat kesempatan untuk bisa membahasnya bersama teman-teman dan membuat aksi yang nyata. Meskipun tidak seperti teman-teman lain yang sudah punya gambaran jelas tentang korupsi yang ingin diberantas, aku cukup senang karena menyadari ‘you are not alone’. DOK. PRIBADI Ya, kamu tidak akan sendiri jika ingin melakukan gerakan antikorupsi karena banyak orang juga memiliki mimpi yang sama. Putri Dwinatalis Baeha Mahasiswa Hubungan Internasional President University, Cikarang

GENCARNYA usaha berbagai organisasi untuk memberantas tindak korupsi memang patut mendapat acungan jempol. Upaya membasmi kejahatan kerah putih ini memang tidak cukup dengan penindakan saja, tapi juga pencegahan sejak dini. Seandainya sekolah atau kampus kamu membuka kesempatan kepada murid-muridnya untuk merancang pelajaran, kegiatan, ekstrakurikuler, klub, atau program apa pun untuk meningkatkan kepedulian anak muda terhadap gerakan antikorupsi, kira-kira program seperti apa ya yang akan menarik minat teman-temanmu untuk bergabung? Bagaimana bentuknya? Siapa saja pesertanya? Apa saja kegiatannya? Silakan kirimkan ide program yang kamu inginkan ke kita@ mediaindonesia.com. Jangan lupa sertakan data diri dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Move tunggu selambat-lambatnya 19 Juli 2011, ya. Ide paling kreatif dan inovatif yang terpilih akan diumumkan pada Move edisi 24 Juli mendatang.


18

MINGGU, 10 JULI 2011

ED I E NS I K LOP

Sejarah Kampus Terkemuka di Indonesia PADA 1898, pemerintah kolonial mendirikan sekolah medis yang diberi nama School tot Opleiding van Indische Artsen (Stovia). Stovia itulah yang kemudian menjadi cikal bakal Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Pada 1924, pemerintah kolonial kemudian mendirikan Rechts Hogeschool (RHS) yang bertujuan untuk memenuhi tenaga administrasi sipil. RHS itulah yang menjadi awal terbentuknya Fakultas Hukum UI. Mulanya UI memiliki 9 fakultas dan 3 lembaga yang tersebar di lima kota di Indonesia, yakni Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Hukum dan Ilmu Pengetahuan Masyarakat, Fakultas Sastra dan Filsafat di Jakarta; Fakultas Ilmu Alam dan Ilmu Pasti, Fakultas Ilmu Pengetahuan Teknik, dan Lembaga Pendidikan Guru Menggambar di Bandung; Fakultas Pertanian dan Fakultas Kedokteran Hewan di Bogor; Fakultas Ekonomi di Makassar; serta Fakultas Kedokteran dan Lembaga Kedokteran Gigi di Surabaya. Seiring dengan berjalannya waktu, setiap fakultas tersebut memisahkan diri.

Mulanya UI memiliki 9 fakultas dan 3 lembaga yang tersebar di lima kota di Indonesia. Pada 10 November 1954 Fakultas Kedokteran dan Lembaga Kedokteran Gigi di Surabaya menjadi Universitas Airlangga. Lalu, Fakultas Ekonomi di Makassar menjadi Universitas Hasanuddin pada 10 September 1956. Selanjutnya Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam di Bandung menjadi Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 2 Maret 1959. Kemudian pada 1 September 1963, Fakultas Pertanian dan Fakultas Kedokteran Hewan UI memisahkan diri menjadi Institut Pertanian Bogor (IPB). Bila Universitas Indonesia ‘bercabang’ menjadi berbagai institut dan universitas, lain halnya dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta. UGM merupakan penggabungan dan pendirian kembali dari berbagai balai pendidikan, sekolah tinggi, dan perguruan tinggi yang ada di Yogyakarta, Klaten, dan Surakarta. UGM merupakan universitas pertama yang didirikan setelah Indonesia merdeka. Kampus itu semula terdiri dari Fakultas Hukum dan Fakultas Kesusastraan, hingga akhirnya berkembang menjadi kampus dengan fakultas terbanyak, yaitu 18 fakultas seperti saat ini. (M-6)

Jurusan Kuliah tidak Jamin Pekerjaan Bukan saatnya lagi terpaku pada jurusan favorit agar sukses dalam pekerjaan. Pengembangan kreativitas diri lebih penting. RAISA AURORA JONATHAN NAINGGOLAN IPANG IRFANI MAQAMA “KITA kuliah untuk apa sih? Pastinya untuk cari kerja, kan, ke depannya. Punya pekerjaan tetap. Kita sekolah juga untuk meraih kehidupan yang lebih baik.” Komentar itu keluar dari mulut Beraldy Dean Utama atau akrab disapa Aldy, siswa kelas XII SMAN 5 Bekasi yang tahun ini memasuki jenjang perkuliahan. Setiap pertengahan tahun, topik tentang seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) menjadi perbincangan hangat di kalangan siswa kelas XII SMA selain ujian nasional (UN). Bila UN hanya menentukan kelulusan mereka dari SMA, SNMPTN menentukan lolos tidaknya mereka memilih jurusan di universitas. Dalam memilih jurusan, para siswa SMA dengan kata lain juga memilih masa depan mereka. Apakah jurusan di perkuliahan dapat menjamin masa depan mereka? Apakah jurusan kuliah menjadi satu-satunya penentu keberhasilan seseorang? Belakangan ini kita cukup banyak disadarkan akan keberhasilan orangorang di bidang keahlian tertentu, yang ternyata berlatar belakang pendidikan yang berbeda jauh dari profesinya saat ini. Sebut saja Erwin Gutawa. Komponis Indonesia itu ternyata lulusan Arsitektur Universitas Indonesia. Purnomo Prawiro, pemilik perusahaan taksi yang cukup terkenal di Ibu Kota, yang seorang dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia; atau Ninok Leksono, wartawan senior yang merupakan lulusan Astronomi Institut Teknologi Bandung. Bambang Harymurti, yang pernah menjabat Pemimpin Redaksi Majalah Tempo, menceritakan asal mula kariernya sebagai wartawan. “Dulu, setahun sebelum lulus, ayah saya kena kanker. Karena itu, saya mencari pekerjaan yang bisa menghidupi saya sambil kuliah. Kebetulan Majalah Tempo saat itu tengah membuka lowongan kerja jadi wartawan,” tutur pria lulusan Teknik Elektro ITB. Lalu bagaimana Bambang dapat beradaptasi di dunia jurnalistik yang berseberangan jauh dengan teknik elektro? “Selama tujuh semester kan saya dapat mata kuliah matematika. Menu-

DOK. PRAVITASARI

rut saya, matematika membantu saya untuk berpikir sistematis dalam menulis berita.” Ditambahkannya pula, kunci menjadi wartawan ialah punya rasa ingin tahu yang besar. Jadi, tidak harus dari jurusan tertentu saja untuk menjadi wartawan. Mungkin tidak pernah terpikirkan oleh Bambang Harymurti ketika memilih jurusan dahulu, bahwa ia akan menjadi wartawan terkemuka di dunia pers. Keberhasilan seseorang bisa dibentuk by design atau by accident. By design berarti ia telah merancang langkah-langkah pencapaian yang akan ditempuh, sedangkan by accident berarti ia tidak sengaja terjun ke suatu pekerjaan atau jalur yang membuatnya mencapai hal lain. Kedua hal tersebut dapat mengantarkan kita kepada keberhasilan selama kita memang memiliki kemampuan.

Minat dan kreativitas Jangan sampai memilih jurusan yang tidak diminati karena lebih tergiur dengan prospek kerja pada jurusan tersebut. Minat akan mendorong upaya seseorang untuk meraih sesuatu. Bila minat kita kurang pada suatu bidang ilmu, kita menjadi tidak fokus. Kita pun kurang termotivasi menggali ilmu tersebut lebih dalam. “Orang mengatakan dokter itu prospek kerjanya lebih bagus daripada yang itu atau daripada yang ini. Itu karena orang lain yang kita lihat, tapi belum tentu kalau kita akan (berhasil) seperti itu,” kata Rose Mini. Ada pula kita jumpai kasus seorang anak memilih jurusan kuliah karena pengaruh orang tua atau sekedar mengikuti langkah temannya. Cokorda Agung Yuana, mahasiswa Jurusan Komunikasi UI 2010 yang di tahun sebelumnya sempat kuliah di Teknik Elektro Universitas Brawijaya, bercerita, “Saya pindah karena merasa kemampuan akademik saya di teknik elektro kurang. Terus saya ngerasa kalau itu bukan pilihan saya sih, itu pilihan orang tua,” kata Cokorda. Baru belakangan ia menyadari bahwa

minatnya di bidang penyiaran sehingga ia memutuskan untuk pindah ke jurusan komunikasi. “Makanya, yang harus dinilai, pertama, anak itu harus mendapatkan gambaran tentang dirinya. Berikutnya, coba kasih wawasan pada diri sendiri tentang apa yang ada di dalam universitas yang akan dipilih, fakultasnya apa saja dan ilmunya apa saja,” Rose Mini menganjurkan. Minat mendatangkan motivasi pada seseorang untuk berkembang. Berkembang dan memiliki ide-ide baru melatih kreativitas dalam dirinya. Yoris Sebastian, pendiri OMG Creative Consulting yang juga memprakarsai Black Innovation Awards, menekankan kreativitas dalam keberhasilan seseorang. Salah satu ide kreatif yang ditetaskan Yoris adalah program I Like Monday ketika ia masih menjadi General Manager di Hard Rock Café. Bila semua tempat hiburan menitikberatkan pengadaan acara pada hari libur dan akhir minggu, Yoris justru mengadakan acara musik di hari Senin dengan pertimbangan biaya yang lebih murah. Dari sini Yoris menyadari ilmu akuntansi yang ia dapatkan semasa kuliah dulu turut memengaruhi ide-ide yang ia hasilkan. “Ilmu yang kita pelajari dan perdalam itu akan tertanam di alam bawah sadar kita,” kata pria yang meraih Asia Pacific Entrepreneur Award 2008. Latar pendidikan akuntansi tidak lantas menjadikan Yoris seorang akuntan. Ilmu seseorang lebih memengaruhi cara berpikir dan kepribadian daripada kesuksesan. Cara ia bereksplorasi dengan ilmu yang diperoleh itulah yang menjadi pijakan menuju kesuksesan. Jangan hambat diri kita dengan hanya terpaku pada satu bidang ilmu saja. Cari banyak pengalaman dan ilmu di luar sana. Dari eksplorasi ilmu inilah kita menanam kreativitas. Banyak orang yang memiliki pekerjaan di masyarakat, tapi apa yang membuatnya berhasil? Kreativitas! (M-6)

OPI N I Awalnya gue mau masuk IPB gara-gara suka main gim Harvest Moon waktu SD. Itu kan gim tentang pertanian. Terus gue pikir, kita ini kan negara agraris, kok pertanian kurang diperhatikan di negeri sendiri. Menurut gue, jadi petani DOK. PRIBADI itu jasanya besar. Orang sehebat, sekaya, sepintar apa pun pasti butuh makan. Gue juga sedih melihat negara kita masih mengimpor bahan pangan seperti gandum dan beras. Dari situ gue pun bercita-cita menjadi orang yang berperan di bidang pertanian, khususnya pangan. Ajie Pambudi Ilmu Teknologi Pangan, Institut Pertanian Bogor, 2010

Dulu waktu ikut tes SIMAK UI, gue pilih Sastra Belanda sebagai pilihan pertama, Teknik Bioproses sebagai pilihan kedua, dan Teknik Metalurgi pilihan ketiga. Teknik itu pilihan orang tua. Dari SMA gue emang udah mau masuk sastra. DOK. PRIBADI Namun, berhubung di SMA dulu ada Jurusan Bahasa, jadinya gue masuk IPA. Mengenai pilihan gue itu, orang tua akhirnya mendukung karena mereka tahu keinginan gue dari dulu. Dias Asilatiningsih Sastra Belanda, Universitas Indonesia, 2010

Menurut rencana, aku mau pilih Komunikasi atau Sastra Indonesia UGM karena minatku ke bidang jurnalistik. Orang tuaku juga mengarahkan aku untuk menggeluti jurnalistik. Aku melihat beberapa teman-temanku ada DOK. PRIBADI yang asal pilih jurusan, yang penting masuk perguruan tinggi negeri. Aku enggak mau seperti itu karena kalau kita enggak punya minat di jurusan tersebut, kan percuma juga ilmunya. Annisa Sarasati Kelas XI SMAN 5 Bekasi

DOK. PRAVITASARI

FLASH

Selektif Pilih Jurusan AMALIA AYUNINGTYAS KELAS XII SMA adalah masa yang paling krusial dalam menentukan pilihan masa depan. Jurusan yang diambil siswa-siswa ini kemungkinan besar akan menentukan cita-cita mereka. Siswa yang ingin menjadi dokter akan mengambil jurusan ilmu kedokteran sebagai pilihannya. Sama halnya, siswa yang ingin menjadi pengacara akan mengambil jurusan ilmu hukum sebagai pilihannya. Untuk itu, informasi mengenai universitas dan pilihan jurusan sangatlah penting dan sering dicari. Beraldy Dean Utama, atau akrab dipanggil Aldy, sempat bimbang

dalam memilih jurusan. “Gue pengen berkecimpung di dunia pertanian, entah itu teknik atau bisnis di bidang pertanian. Gue juga mikir, gimana kalau gue ambil jurusan eksakta aja. Karena kalau gue masuk teknik, misalnya, pasti gue bakal ketemu lagi sama matematika, biologi, kimia”, tutur

Aldy. Ia bingung apa akan mengambil jurusan di bidang ilmu dasar, seperti matematika, biologi, dan kimia, atau bidang ilmu yang langsung menjurus ke minatnya seperti teknik sipil atau teknik pertanian. Hingga akhirnya, Aldy memilih Jurusan Agrobisnis IPB dan Geofisika Universitas Padjajaran dalam SNMPTN tertulis lalu. Sayangnya, Aldy belum lolos SNMPTN tahun ini. “Aku sekarang ambil Manajemen Keuangan Perbankan di Perbanas. Mungkin tahun depan aku ikut SNMPTN lagi.” Kebingungan yang sama sempat dirasakan Noval Kurniadi dalam

memilih jurusan perkuliahan. “Aku sempat bingung soalnya masalah kuliah bukan masalah 3-4 tahun, tapi menyangkut masa depan juga,” ujarnya. Noval berusaha memperoleh informasi dari internet dan bantuan sekolah. Ia juga bertanya kepada senior-senior yang telah diterima di beberapa universitas, tentang gambaran perkuliahan di jurusan mereka. Dari berbagai informasi yang didapat, Noval pun menetapkan pilihannya. “Aku rencananya ikut tes mandiri UNJ (Universitas Negeri Jakarta). Aku pengen masuk Psikologi sama Sastra Inggris UNJ, soalnya bagiku kedua jurusan itu menantang dan aku suka berhubungan dengan banyak orang.” Berbeda dengan Kandrika Fadhlan Pitularga, yang akrab disapa Aga, ia telah mantap dengan pilihannya di Jurusan Manajemen UGM. Aga diterima melalui jalur SNMPTN Undangan. Ia memilih Manajemen karena pernah terjun dalam kegiatan organisasi selama duduk di bangku SMA. Selain itu,

faktor keluarga pun memengaruhi pilihannya. “Keluarga saya mayoritas dari ekonomi, jadi obrolan tiap hari di rumah pasti ada sangkut pautnya sama Ekonomi, entah ngomongin kebijakan, saham, dan bursa. Kakak ambil Ilmu Ekonomi UGM dan bapak sama ibu juga lulusan Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM. Jadi, saya merasa tertantang di manajemen,” jelas siswi lulusan SMAN 3 Yogyakarta itu. Ketika ditanya mengenai kemudahan dan kesulitan mendapatkan informasi universitas dan jurusan, Aga menyatakan ia memperoleh informasi dari internet dan pihak sekolah. “Dulu dosen Manajemen UGM datang ke sekolah buat promosi, terus aku dapat gambaran jelas dari sana. Baru dari web, aku lihat mata kuliah yang diajarkan sama prospek kerjanya,” tambah Aga. Kematangan memilih jurusan memang patut diperhitungkan. Sebab, pada kenyataannya, cukup banyak mahasiswa yang terpaksa pindah jurusan karena merasa tidak sesuai

dengan minat atau kemampuan. Seperti Gurit Sukmo Aji, ia pindah dari Sastra Jepang UI ke Ilmu Komunikasi UI. “Sastra Jepang ternyata sulit dan berat,” jelas Gurit. Annisa Noorhidayati, mahasiswi Fisika UI, menambahkan alasan lain, “Kita juga harus tau gimana lingkungan pergaulan di jurusan yang kita tuju. Kita kan kuliah enggak sekadar cari ilmu, tapi juga sosialisasi. Di dunia perkuliahan, kita tuh benarbenar enggak bisa sendirian. Jangan sampai kita suka sama ilmunya, tapi ternyata lingkungan pergaulannya enggak mendukung.” Dengan melihat banyaknya fenomena mahasiswa yang pindah jurusan di tahun perkuliahannya, ia pun berkesimpulan memilih jurusan itu sebaiknya berdasarkan keinginan sendiri dan sesuai dengan kemampuan. “Jangan memaksakan diri, intinya kita harus tahu kemampuan dan passion kita. Jangan juga terlalu tertekan oleh orang tua karena masa depan kan kita sendiri yang menentukan”, tambah Gurit. (M-6)


19

MINGGU, 10 JULI 2011

EVENT

DOK. RUMAH PROMOSI INDONESIA

Liburan Kreatif

FOTO-FOTO: MI/RAMDANI

Gebukan

SEBANYAK 120 pelajar tingkat sekolah menengah pertama (SMP) mengikuti pelatihan Kriya dan Industri Kreatif di Museum Tekstil, Jakarta, Selasa (5/7). Pelatihan dalam rangka mengisi liburan sekolah itu atas kerja sama Pertamina dengan Museum Tekstil. Selaku penyelenggara, Badi Lestari dari Rumah Promosi mengatakan kegiatan itu guna melatih pelajar menciptakan industri kreatif melalui pelatihan kriya. Badi berharap kegiatan seperti itu dapat juga ditiru lembaga lain yang peduli pengembangan generasi muda dalam mengisi kegiatan liburan yang kreatif dan produktif. Selain itu, kegiatan tersebut dapat mengurangi tawuran antarpelajar yang kerap terjadi belakangan ini. “Daripada anak-anak itu liburan melakukan hal yang enggak-enggak, seperti tawuran atau kenakalan anak-anak lainnya. Untuk mencegah hal itu, alangkah baiknya liburan ini kita isi dengan kegiatan. Namanya juga liburan kreatif, tadi ada tanjidor yang membuat anak-anak semangat,” ujar Bari. Bari menambahkan, kegiatan tersebut dapat bermanfaat mengembangkan bakat siswa-siswi yang memiliki bakat seni, serta menambah wawasan mereka dengan memperkenalkan teknik desain tekstil dengan jumputan atau shibori. (*/M-6)

EKSIS

Penuh Motivasi Baginya, a, drum bukan sekadar ar pengatur irama, kan sudah menjadi melainkan bagian jiwa. HERVINNY WONGSO

S

EKILAS, Jeane Phialsa, akrab disapa Alsa, tampak seperti remaja putri SMA pada umumnya. Tutur kata yang lembut, gerak-gerik yang tenang, dan wajah yang kalem, seolah tidak mengisyaratkan bahwa ia sudah berteman akrab dengan alat musik tabuh sejak kelas 3 SD. Keinginan menjadi drumer mulai terukir saat ia berusia 6 tahun, kala menyaksikan penampilan band Wayang di televisi, terlebih ketika ia melihat besarnya peranan seorang drumer dalam menjaga ritme dan tempo permainan. “Gila, keren banget nih, masih muda udah bisa main drum,” pikirnya saat itu. Ibunda Alsa sempat meragukan keinginan untuk ikut kursus drum yang ia utarakan saat kelas 1 SD. Layaknya perlakuan kepada anak kecil, sang ibu pun menjanjikan kursus drum akan diberikan pada Alsa kalau ia sudah kelas 3 SD. Setelah tiba waktunya, ternyata Alsa menagih janji ibunya. Sejak itu, ia memulai kursus drum diiringi sejumlah prestasi. Serangkaian pengalaman kolaborasi bersama, seperti Rossa, Erwin Gutawa, dan musisi besar lainnya, membuat Alsa semakin jatuh cinta pada drum. Hidup Alsa seakan tidak bisa lagi terlepas dari drum. “Alsa itu drum, drum itu Alsa,” ujarnya kepada Move. Gimana ceritanya kamu dapat kesempatan bermain dengan musisi besar? Waktu kursus, aku cukup sering tampil. Kelas 2 SMP, aku diajak untuk menjadi drumer Gita Gutawa. Waktu itu masih lipsync dan pakai dummy. Setelah melihat penampilan asli, aku ditawari Om Erwin Gutawa untuk bergabung di orkestranya. Dari sana, aku mulai sering diajak sebagai season player, atau mengisi penampilan penyanyi tertentu. Pernah dipandang sebelah mata enggak sih oleh pemain senior? Wah, sering banget. Boleh dibilang itu sudah jadi makanan sehari-hari. Terutama kalau aku belum mulai main. Banyak yang memberikan pandangan ‘ngapain sih nih anak?’ Tapi, hal itu aku jadikan motivasi untuk menunjukkan ‘ini nih gue’. Itu cukup manjur, lo.

Setelah selesai main, yang tadinya meremehkan malah jadi heboh untuk mendekati dan menyalami. Hehe. Drumer cewek identik dengan tomboi. Kok kamu enggak, ya? Wah, waktu SD dulu aku tomboi banget. Hobinya main bola dengan cowok-cowok. Aku juga terkenal suka

pake kupluk, sampai dijuluki Asla Kupluk. Nah, saat masuk SMP, aku mulai suka ngaca. Waktu itu aku mikir, “Sampai kapan ya mau bergaya tomboi? Dari sana, pelan-pelan aku mulai belajar dandan. Mau tampil lebih feminin. Tobat deh jadi tomboi. Hehe. Apalagi dengan kegiatanku sekarang, aku perlu tampil beda dari yang

BIODATA JEANE PHIALSA (ALSA) TTL: Depok, 4 Juni 1993

Pendidikan: Farabi Music School, SMA Negeri 2 Depok Prestasi:

Jazz Reunion bersama Beni Likumahua, Januari 2010 Bali Asian Beach Games, 2008 Penghargaan dari Sado Watanabe dalam Children Are The Future, 2007 Penampilan di 3 Jazz Generation with Dwiki Dharmawan, Jakarta, 2007 Penghargaan Drummer Wanita Profesional Termuda dari Museum Rekor Indonesia (Muri), 2004

lain. Jadi orang bisa lihat, biarpun bergaya girly, cewek tetap bisa main drum dengan oke. Ada pengalaman seru selama jadi drumer? Ada. Dua tahun lalu, aku dapat kado ulang tahun berupa website untuk Alsamania. Aku terkejut banget karena merasa bukan artis yang besar sehingga layak dapat hadiah seperti itu. Apalagi mereka niat banget, sampai bikin kaos, atau selalu hadir di mana pun aku tampil. Senang banget. Teman-teman inilah yang selalu memotivasi aku untuk selalu memberikan penampilan terbaik. Sering main drum berpengaruh ke otak enggak sih? Kayanya sih iya, ya. Hehe. Orangorang bilang main musik bisa bikin prestasi sekolah meningkat. Itu juga terjadi di aku. Dari SD, aku enggak pernah ranking di bawah 5 besar. Termasuk juga untuk mengontrol emosi. Aku orangnya cenderung santai. Kalau emosi, main drum aja, abis itu lupa deh. Kalau senang juga gitu. Main drum aja, setelah itu emosiku normal lagi. Hehe. Mau jadi drumer sampai kapan? Aku enggak hanya mau main drum. Aku punya planning mau jadi komposer. Maka dari itu, aku belajar piano dari sekarang supaya bisa bikin musik, orkestra, atau aransemen sendiri. Pengennya nanti bisa main musik secara keseluruhan. Enggak kepikiran jadi model atau artis juga? Enggak sih kayaknya. Main musik aja. Enggak bisa maksain. Tapi, kalau ada tawaran, buat pengalaman seruseruan boleh juga. Hehe. Apa arti drum untuk kamu? Prinsipnya, aku enggak bisa jauh dari drum. Tiap hari, tiap jam, tiap menit, pengennya pegang stik. Rasanya sudah jadi kewajiban. Aneh banget kalau seharian atau beberapa jam enggak pegang stik. Hehe. Harapan untuk drumer cewek dan musik Indonesia? Untuk drumer cewek, kita harus nunjukin potensi kita. Jangan sampai drumer cewek dipandang sebelah mata. Termasuk untuk orang tua. Banyak orang tua yang masih melihat profesi ini dengan sebelah mata. Padahal kalau tekun, pekerjaan ini juga bisa menjanjikan seperti pekerja kantoran. Untuk musik Indonesia, jangan sampai terpatok oleh musik ‘dagang’. Pengennya bisa ada jaz, pop, dan warna lainnya. Jadi bisa lebih beragam. (M-6)

DOK. MAURIN INKE MARIS

Ganesha Harumkan Indonesia SURVEI menunjukkan laki-laki lebih suka berkunjung ke kafe daripada ke salon. Hasil penelitian itulah yang mendasari konsep perawatan salon khusus pria, Koffie, oleh Tim Ganesha, yang berhasil meraih juara 3 dalam ajang kampanye marketing inovatif L’oreal Brandstorm Intenational Final 2011, di Paris, 16-17 Juni lalu. Koffie merupakan produk perawatan rambut dengan bahan dasar kopi, yang terinspirasi dari konsep praktisnya barber shop dan kenyamanan kafe. Kopi sendiri dipilih karena berdasarkan riset yang dilakukan, kopi sangat berkhasiat untuk mencegah kerusakan rambut yang sering dialami pria. Tidak hanya produk perawatan, tim dengan formasi Teuku Faris Riandi, Desita Herdini Arumsari, dan Fabila Mahadira ini juga merancang Koffie Men’s Hair Section, sudut khusus perawatan pria di salon biasa. Di sini, pria bisa mendapatkan layanan perawatan dengan atmosfer maskulin. Para penata rambut juga akan mengenakan celemek layaknya barista di kafe. “Kami ingin pria memahami bahwa pergi ke salon adalah sesuatu yang normal seperti halnya mereka pergi ke kafe bersama sahabatnya,” ungkap Desita. Meskipun hanya berupa konsep, Tim Ganesha tetap berkeinginan untuk merealisasikan konsep tersebut. “Kalau ada modal, kenapa tidak? Kami yakin strategi ini mampu menarik minat pria untuk berkunjung ke salon,” ujar Faris. Sejak awal, tim ini memang sudah tampil menonjol di antara 70 tim saat penyisihan di Jakarta, April lalu. Kemudian, ketiga mahasiswa Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) ini kembali membuktikan kemampuan dengan meraih juara tiga, menyusul Singapura (juara 1), dan India (juara 2), serta mendahului 45 negara lainnya. (*/M-6)


20

MINGGU, 10 JULI 2011

FUN WITH ENGLISH

FOLKLORE

FROM

Di balik Atraksi Lumba-Lumba

SOUTH KALIMANTAN

The Angel Pond

T

HERE is a tourism area in South Kalimantan named The Angel Pond. The place is often visited by many people. Some of the visitors have unique reasons. They want to have spouses. Some people believe that taking a bath with the water from the pond will lead them to their spouses. There is a legend behind the belief. Do you want to know the story? Read on! A long time ago in South Kalimantan, there was a village. The land was fertile. Trees grew well there. People and animals had enough water to live. They had a great source of water. They got the water from a pond. People used the water not only for their daily activities but also for watering their plants. The villagers were never worried about lacking of water. Amazingly, the pond always had lots of water although it was in dry season. The head of the village was Awang Sukma. He always protected his people very well. People from other places often visited the village to get some water. Awang Sukma always treated

them very well. Awang Sukma was single. He was looking for a wife. He hoped he could get married soon. One night, Awang Sukma was going to the pond. From a distance, he heard some people were taking a bath in the pond. He was curious. He approached the pond carefully. He was so surprised when he saw seven beautiful girls having fun in the pond. They were swimming and laughing. Who were they? Well, they were angels from the heaven. Awang Sukma was so amazed with their beauty. He slowly walked closer and took one of the girls’ clothes. After they finished, the girls wore their cloths. However, one girl looked so sad. Her name was Putri Bungsu. She was looking for her cloth. Other girls helped to find the missing cloth but they could not find it. It was almost morning and the angels had to fly back to the heaven. They had to leave her. While Putri Bungsu was crying, Awang Sukma approached her. “Don’t be afraid. You can come to my house now.” Putri Bungsu agreed to stay in Awang Sukma’s house. Awang Sukma fell in love with her. He proposed her and later they got married. They lived happily. And they were happier when they a got baby girl. They named her Kumalasari. Awang Sukma hid Putri Bungsu’s cloth in a small barrel. One day there was an incident. A black cock was standing on the barrel. Putri Bungsu tried to wave away the cock. However the cock did not move at all. And when Putri Bungsu came closer, the cock flew away. And that made the lid opened. Putri Bungsu opened the lid and she found her cloth inside the barrel! She was so happy but also angry and sad. She was happy because she could go back to heaven. However she was angry at Awang Sukma for hiding her cloth. And she was sad because she had to say good bye to her daughter. “I don’t belong here. My place is in the heaven,” said Putri Bungsu to Awang Sukma. Then Putri Bungsu flew to the heaven leaving Awang Sukma and Kumalasari. Awang Sukma was so sad. He just lost his lovely wife. He cried. Awang Sukma then told his daughter not to keep black cock as a pet. He believed that black cock brought them bad luck. It was not only Awang Sukma who was sad losing Putri Bungsu. All the villagers were also sad. And later they named the pond as Telaga Bidadari, it means the Angel Pond. Until now people believe that taking a bath using the water from the pond would lead to their spouses. And the local people do not keep black cock. They still keep Awang Sukma’s message to his daughter.

MI/ DIAN PALUPI

MELATIH LUMBA-LUMBA: Cheryl bersama Pak Yadi-pelatih lumba-lumba di Gelanggang Samudra Ancol.

S

IAPA yang sudah pernah menonton pertunjukan lumba-lumba? Teman-teman yang sudah pernah menonton pasti tahu betapa seru dan menghiburnya atraksi lumba-lumba. Akan tetapi, pernah enggak sih kamu membayangkan bagaimana mereka bisa bermain hula hop, menggendong bola, menari, bahkan menyanyi? Susah enggak ya melatihnya? Nah, pada 7 Juli 2011, aku, Cheryl Kanza Athallia, siswi kelas 5 SDN Sukasari 4 Tangerang, mendapatkan kesempatan mewawancarai pelatih lumba-lumba yang bernama Yadi. Kak Yadi, 40, sudah menjadi pelatih lumba-lumba selama 20 tahun, lo! Wow! Yuk ikuti petikan wawancaraku dengan Kak Yadi. Bisa ceritakan tentang pekerjaan Kakak ini? Pekerjaan kakak banyak. Kakak sudah melatih lumba-lumba, singa laut, dan aneka satwa lainnya, sudah semua. Apa saja pengalaman Kakak yang menarik selama menjadi pelatih lumba-lumba di Ancol? Pengalaman yang menarik ada banyak! Kalau kakak melatih hewan dan hewan itu menjadi terlatih, itu pengalaman yang menarik. Mengapa lumba-lumba bisa dilatih manusia? Ya, karena hewan ini bersahabat dengan manusia. Lumba-lumba juga memiliki otak, makanya dia cerdas dan bisa dilatih. Sebagai pelatih lumba-lumba, apa yang harus dipersiapkan pada awalnya? Apa Kakak kursus atau sekolah khusus untuk melatih lumba-lumba? Pada awalnya itu, yang harus diperhatikan adalah masalah kesehatan dan makanannya.

Kakak tidak kursus atau mengikuti sekolah khusus. Jadi kakak mengikuti pengalamanpengalaman kakak-kakak (pelatih-pelatih) sebelumnya. Kalau kita sayang lumba-lumba, kita juga dapat menjadi pelatih lumbalumba. Melatih lumba-lumba itu sulit enggak sih? Kalau dari awalnya, kakak memang kerja keras juga. Sebab, pendekatannya memakan waktu. Enggak secepat seperti kalau kita sedang atraksi. Dari makanan, misalnya, saat pendekatan awal lumba-lumba tidak mau makan ikan potongan. Harus yang utuh, setelah itu kita mulai potong jadi dua, lalu diperkecil lagi. Apa tantangan terberat Kakak saat melatih lumba-lumba? Kalau kakak perintah lumba-lumba dan dia tidak menurut, nah, di situlah tantangannya. Bisa saja karena dia sedang tidak mood. Nah, kita harus pintar-pintar merayunya agar dia mau mengikuti perintah. Ikan jenis apa yang diberikan ke lumba-lumba? Berapa banyak yang mereka makan? Biasanya kita beri ikan kembung atau ikan layang. Seekor lumba-lumba makan ikan kirakira 10% dari berat tubuhnya. Kalau beratnya 100 kg, ya, berarti kita sediakan ikan sekitar 10kg/hari. Apa pesan Kakak untuk anak-anak pembaca Media Anak? Khususnya para penyayang binatang dan pecinta lumba-lumba? Pesan saya, lumba-lumba adalah mamalia air. Jangan sekali-sekali menyebut lumba-lumba dengan sebutan ‘ikan’. Cukup panggil lumbalumba, dolphin, atau mamalia air. (M-6)

CAKSONO

RAGAM LUKISAN

PUISI

Prof. Yohanes Surya

Menjawab

Naik Kelas Hore... Aku naik kelas...! Berarti masuk liburan nanti aku sudah kelas dua Bahagianya.... Terima kasih Tuhan Terima kasih mama Terima kasih papa Terima kasih ibu guru Aku janji lebih giat belajar Biar aku jadi anak pandai Gerhardt Javier Warruw Kelas II A, SDK Sint Arnoldus Penfui, Kupang, NTT

Mengapa semut dapat berjalan pada tembok dan terbalik di langit-langit? Pertanyaan oleh: Cecilia

PEMANDANGAN SUNSET Achmad Yusran R Kelas 6 SDN Pajeleran 01 Perumahan Taman Raya Citayam Blok F1 No 31 (16320)

S

ebenarnya tidak semua semut dapat berjalan terbalik pada atap. Semut yang dapat berjalan

terbalik adalah semut yang biasa hidup di pohon. Semut pohon tersebut memiliki bulu-bulu yang berbentuk kait sangat

www.corbisimages.com

kecil pada ujung-ujung kakinya. Sehingga dapat berjalan secara vertikal maupun

pada kenyataannya tidaklah halus dan

terbalik.

tidak rata. Dengan permukaan dinding yang tidak rata tersebut semut dapat

INFO Jika kamu suka menggambar dan menulis puisi atau cerpen, kirimkan karyamu ke Media Anak, Jl Pilar Mas Raya Kav A-D, Kompleks Delta Kedoya, Jakarta Barat. Kalian juga bisa mengirimkannya dalam bentuk soft copy dengan cara di-scan atau difoto. Lalu kirim ke mediaanak@mediaindonesia.com. Tersedia bingkisan menarik buat kamu. Jangan lupa untuk mencantumkan identitas, alamat dan nomor telepon kalian, ya! Gabung juga di Fan Page Facebook Media Anak

Ukuran kait pada ujung kaki semut itu

berjalan secara tegak maupun terbalik.

sangatlah kecil, sehingga tidak dapat

Tetapi semut juga dapat kesulitan

terlihat oleh manusia. Begitu juga pada

berjalan tegak dan terbalik pada

permukaan tembok ataupun langit-langit,

permukaan yang benar-benar halus

yang oleh mata manusia terlihat halus,

seperti kaca.

Kirim pertanyaan kamu ke YSmenjawab@suryainstitute.org


MINGGU, 10 JULI 2011

BAHAN BANGUNAN

LOWONGAN

Roofing, Floordeck, Plafon, Partisi Gypsum, Alm Composite Panel, Rangka atap baja ringan sofware USA berkualitas, Harga kompetitive, Jual bahan & terpasang. Hubungi PT.GUDANG GAJAH LESTARI, Telp. 021 32988801 - 02, Fax: 021 6249004.

Bth Spv. exim (W) Pnglmn Bs B.Ing & Pjak Exim PT.KMC Indonesia.Tlp. 66695511, Email: kmc_indo@yahoo.co.id

BIRO BANGUNAN KONTRAKTOR&ARSITEK rmh,ruko, bangun lainnya. Dijamin memuaskan&brkwalitas.Hrg Bersaing,pglm +10th 0214255375,4223047 www.hilmyjaya.com

Mesin Absen sidik jari,absen wajah,Acces control merk fingerplus ( Sensor Cristal & Bio plus) Promo disc. s/d 70% info 021 88386888 www.absensidikjari.co.id

INDEKOST

MUSIK

Ko s t 1 k m r b i s a 2 o r g , A C S p l i t , Ex.pan kmr, S.bed, rak TV, 550rb/bl. Jelambar Jaya 3 No.30 Rt. 7/2. Telp. 33377705, 33377706, 33377728.

Dijual*** Piano/Grand Piano***Merk Yamaha, Kawai, Petrof & merk2 lain***Hub: Petrof Piano Cideng,Jl.Cideng Timur No.52, Telp.38900602 / 3860200.

MESIN

KERJASAMA A BEST DEAL 6,25%/Th, tkr BPKB lsng cair sd 100 M, Undur 50 hr, Free 5Jt,Metro Platinum mnra Kuningan LG. 45851381 - 83 / 30015924-25.

KULIT ASLI Furniture,Car,Fashion,Promotion,Walet, Bag, Shoes,etc. Harco Elektronik Mangga Dua,Ruko Blok B No.2 Jakarta Tlp.612.8888 www.dhenigleather.com

PERHIASAN STAR ARLOJI ,BELI JAM bks/berlian dgn hrgTgg ROLEX,BULGARI,OMEGA,BREITLING,dll,Hub:Bp. TONY 392 9079,0812 9455 198 Apt MentengPrada Lt. 1 No.2J dpn St.Cikini (Dtg ke tmpt).

K lasifa

21


22

E KSPLORASI

MINGGU, 10 JULI 2011

NATURE

Evolusi Kumbang Ladybird KUMBANG ladybird (Cryptolaemus montrouzieri) semakin menarik minat ilmuwan untuk menelitinya. Baru-baru ini peneliti menemukan evolusi pertama ladybird yang besar, berubah dari memangsa serangga sisik keras (bercangkang) ke serangga bertubuh lunak. “Tubuh lunak lebih mudah untuk dimakan, tetapi saat ini ada tantangan baru,” kata Dr Ainsley Seago, peneliti dari CSIRO Australian National Insect Collection. Tantangan yang dimaksud adalah makanan kesukaan ladybird, yakni serangga pemakan getah bertubuh lunak. Serangga itu digembalakan semut-semut, yang cenderung agresif menjaganya. Perilaku semut tersebut disebabkan mereka mendapat ‘bayaran’ berupa embun manis yang dikeluarkan serangga tersebut. Dari sanalah terdapat masalah evolusi yang mengancam kumbang ladybird, yang larvanya sangat rentan terhadap serangan semut. Untuk menghindarkan diri agar tidak dibunuh semut saat memakan serangga bertubuh lunak, larva ladybird berevolusi dengan memproduksi dua pertahanan antisemut, yakni sebuah mantel

wol tak tertembus dan kelenjar berbahan kimia. Sebagian besar dari suku ladybird, sekitar 6.000 spesies, ditemukan dalam garis keturunan dengan satu atau dua pertahanan itu. “Kami menemukan sebagian besar kekayaan spesies ladybird terkonsentrasi pada kelompok yang memiliki pertahanan spesial ini,” kata Dr Seago. Grup itu terbilang lebih sukses daripada garis keturunan mereka. Namun, pertahanan tersebut telah ‘hilang’ pada beberapa spesies yang tidak lagi memangsa serangga lunak dan memakan serbuk sari atau daun tanaman. “Ini adalah cara yang tidak biasa bagi keanekaragaman yang timbul daDAVID CAPPAERT lam kelompok serangga.” Pada penelitian sebelumnya, kekayaan spesies serangga telah dikaitkan dengan koevolusi atau ‘perlombaan senjata’ adaptif dengan tanaman.” Penelitian ini membantu menempatkan ladybird Australia pada pohon evolusi kehidupan untuk serangga, dan membantu memahami sistem yang kompleks dari mekanisme terbentuknya keanekaragaman kumbang. (Sciencedaily/Ghp/M-1)

EKSPEDISI

Ancaman Baru Lapisan Es Greenland SEBUAH fakta lingkungan yang semakin mengkhawatirkan, bawah permukaan laut Greenland diketahui menghangat sekitar dua kali lipat dari tingkat temperatur perairan secara global. Pakar oseanografi Josh Willis dari NASA di Pasadena, California, menegaskan proyeksi iklim jangka panjang akhirnya mengarah ke peranan lautan. “Bagaimana lautan memengaruhi lapisan besar es di Greenland dan Antartika bisa diartikan perbedaan antara kenaikan permukaan laut setinggi dua kaki dan enam kaki pada abad mendatang. Jadi hal ini adalah masalah besar,” katanya. Sampai saat ini, hampir tidak ada orang yang memperhatikan lautan yang mengelilingi Greenland dan Antartika akan menghangat secara berbeda sepanjang abad ini. Hal itu juga diungkapkan peneliti iklim Joanjun Yin dari Universitas Arizona di Tucson, yang memimpin penelitian, dan dipublikasikan di Nature Geoscience. Meskipun kesimpulan grup tersebut berasal dari analisis komputer, kata Yin, proyeksi penelitian terlihat cukup konsisten dengan pengamatan terbaru dari temperatur suhu permukaan laut di sekitar Greenland. Tim Yin menggunakan 19 program komputer untuk memproyeksikan efek perubahan iklim global pada perairan di Bumi, sampai pada 2200. Analisis tersebut selalu memberikan kejutankejutan, kata Yin, termasuk tanda penghangatan

substansial sepanjang 90 tahun ke depan dan mencapai perairan di bawah Greenland pada kedalaman 200 meter sampai 500 meter. Total kenaikan diproyeksikan sekitar 2 derajat celsius, bisa mengikis bagian dasar glasial di fiord (teluk yang curam dan kecil) sehingga es dapat mencapai kedalaman 1.000 meter di bawah permukaan laut. Tidak seperti permukaan glasial, yang akan tetap membeku di musim dingin. “Bagian yang tenggelam dari pasang surut glasial dapat mencair sepanjang tahun,” kata Yin. Kontras dengan proyeksi untuk perairan Greenland, penghangatan laut dalam secara global mungkin meningkat hanya sekitar 0,5 derajat celsius. Lapisan es Antartika diharapkan tetap relatif terisolasi sampai abad berikutnya, dengan adanya arus sirkumpolar yang E RIGNOT/ NASA JPL secara efektif menjaga air hangat memenetrasi di bawah garis lintang 60 derajat. “Berbagai proyeksi menunjukkan arus ini akan menguat sepanjang abad ini dan sampai abad depan,” tambah Yin. Itu merupakan berita yang bagus, kata dia, karena meskipun lapisan es Greenland secara total berisi cukup air untuk meningkatkan level permukaan air global sehingga mencapai 7 meter, atau sekitar 23 kaki, lapisan es Antartika mengandung secara kasar 10 kali lebih banyak air. (Sciencenews/Ghp/M-1)

LENSABISNIS

HUBUNGI KAMI BAGIAN IKLAN: 021 580 1480

Jogjakarta Plaza Hotel kembali Terima Penghargaan

Wacom Datascrip Community

Day Trans makin Dekat dengan Trans-Jakarta

JOGJAKARTA Plaza Hotel kembali meraih penghargaan sebagai 10 Pelaku Usaha Terbaik. Berbeda dengan tahun lalu, tahun ini Jogjakarta Plaza Hotel melesat ke peringkat kedua sebagai pelaku usaha terbaik di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Badan Lingkungan Hidup (BLH) DIY memberikan reward berupa pembebasan biaya pengujian limbah cair selama empat bulan. Jogjakarta Plaza Hotel memiliki pencapaian yang cukup signifikan dalam meminimalisasi air semenjak menjalankan program menuju green hotel yang sudah dilakukan sejak satu tahun yang lalu. Penghargaan itu diberikan dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup dunia 2011 yang jatuh pada 5 Juni.

UNTUK mengem bangkan dan menyalurkan bakat para seniman digital, Wacom dan Datascrip, perusahaan solusi bisnis, membuat wadah bagi seniman digital, Wacom Datascrip Community. Wadah tersebut bermisi mengembangkan industri kreatif melalui jalan memberikan kesempatan para desainer grafis muda dan berbakat untuk saling berkenalan, berbagi, dan berkomunikasi sehingga menstimulasi berbagai ide kreatif di antara mereka. Direktur Divisi PT Datascrip Mary Oetomo mengatakan komunitas tersebut bisa menjadi sarana untuk mengasah ide dan meningkatkan kemampuan mereka.

DAY Trans memindahkan salah satu konternya ke dekat Halte Grogol bus Trans-Jakarta, yakni di dalam SPBU Pertamina COCO Daan Mogot. Lokasi gerai tersebut dapat menjadi pilihan para pengguna jasa Day Trans yang melanjutkan perjalanan menggunakan Trans-Jakarta. Selain Grogol, konter Day Trans di Jakarta yang juga berada dekat dengan halte bus Trans-Jakarta ialah konter Sarinah, fX lifestyle X’fnter, Plaza Atrium, Cempaka Putih, Senayan City, dan Pulomas Poins Square. Dalam periode sosialisasi pemindahan lokasi ini, Day Trans menggelar promo diskon bagi pelanggan setianya, yakni pemberian potongan harga sebesar 10%.

35 Tahun Sari Pan Pacific Hotel

Liburan Sekolah di Novotel Bandung

STBA LIA Juara Lomba Pidato Nasional

DALAM rangka ulang tahun ke-35, Sari Pan Pacific Jakarta menggelar Media Lokal Experience pada 10 dan 11 Juni 2011. Acara itu digelar sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi kepada media yang selalu mendukung dan membantu kesuksesan Sari Pan Pacific Jakarta. Sari Pan Pacific Jakarta ingin memberikan sesuatu yang unik dan berbeda dari sebelumnya melalui program Media Lokal Experience. Program tersebut berlangsung selama dua hari dengan beragam kegiatan, yaitu menginap satu malam di Sari Pan Pacific Jakarta, cocktail evening party, hotel’s tour sarapan bersama di Restoran Fiesta, tur ke Museum Bahari, dan diakhiri dengan permainan Paint Ball.

UNTUK mengisi liburan sekolah dan menghibur anak-anak yang turut serta bersama orang tua mereka menginap di Novotel Bandung, hotel itu menggelar acara menghias kue setiap Minggu di area restoran. Hotel yang terletak di pusat Kota Bandung dan terkenal dengan produk kue dan croissant-nya yang enak ini juga memanjakan mereka dengan aneka sajian makanan dari chef Yanto. Selain itu, ibu-ibu juga bisa berkonsultasi dengan chef Yanto mengenai aneka campuran bahan kue yang dibuat sang koki. Chef Yanto menjawab pertanyaan ibu-ibu itu sambil memandu anak-anak membuat kue. Kue yang telah dihias kemudian dipanggang dan dibawa pulang. Selain itu, mereka akan mendapatkan topi chef sebagai kenang-kenangan.

MAHASISWA program S-1 STBA LIA Jakarta, Jeniffer Sarah, berhasil menjadi juara pertama lomba pidato berbahasa Jepang tingkat nasional ke-40 yang diselenggarakan The Japan Foundation. Jennifer Sarah, yang sebelumnya menang sebagai juara pertama lomba pidato berbahasa Jepang se-Jabodetabek, berhasil menyisihkan 13 finalis lainnya. Lomba itu berlangsung pada 11 Juni 2011 di Auditorium RRI Jakarta, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Jennifer Sarah akan mewakili Indonesia pada lomba pidato berbahasa Jepang tingkat ASEAN, Oktober 2011, di Tokyo, Jepang.


I NTERMEZO

MINGGU, 10 JULI 2011

23

TAROT Icon: Hanson-Roberts Tarot Deck Berlaku dari 10–16 Juli 2011

Gemini– King of Pentacles 21 Mei-21 Juni

Taurus– Four of Rods 21 April-20 Mei

Leo–Eight of Rods 23 Juli-23 Agustus

Virgo–XIII Death 24 Agustus23 September

Ani Sekarningsih

Pekerjaan: Kesempatan baru membukakan pintu lebar-lebar bagi karier dan profesi yang tengah Anda geluti. Taurus mencari kesempurnaan dan sangat mendambakan perasaan aman. Anda juga memiliki kecerdasan dan mampu menggeluti bidang sains. Tak usah menunggu sesuatu akan terjadi. Namun, berjalanlah dengan perencanaan yang telah tersusun. Dalam lingkungan pekerjaan, Anda cukup menjadi pusat perhatian berkat kepemimpinan dan karakter Anda yang menyenangkan. Penghasilan akan membaik. Taurus rupanya berbakat menjadi pengacara ulung, atau hakim, oleh karena Anda menyukai keadilan dan menghargai kehidupan yang konvensional. Cinta: Daya tarik Anda tiba-tiba meningkat sehingga perlu pengendalian secara fisik dan mental. Aura yang memancar itu membias keluar dan memicu godaan lawan jenis yang datang menyerbu. Strategi: Tanpa diduga, ada SMS, email, atau mungkin juga seseorang yang tiba-tiba muncul di depan Taurus. Itu membuat Anda berbahagia.

Pekerjaan: Apa yang Anda butuhkan harap dipertimbangkan dahulu, bergantung pada rasa syukur berupa dukungan dan praktik keseharian. Gemini mungkin menemukan Anda sesungguhnya dikelilingi kelimpahan dan dalam posisi untuk berbagi karunia dengan orang lain. Semakin banyak Anda memberi, semakin sedikit Anda akan menderita untuk berkeinginan di tempat pertama. Tantangan keberanian itu membuat Anda tumbuh dan membentuk watak kuat. Saat ini sesungguhnya Anda lebih dituntut untuk mengasah kebulatan tekad, keberanian, dan jujur pada diri sendiri. Kesuksesan Anda mudah diraih bila dibantu lawan jenis. Cinta: Hubungan kali ini menjengkelkan karena menjadikan Anda menilai orang tersebut tak punya pikiran, tidak punya perhatian, dan tak bertanggung jawab. Bila berencana melakukan perjalanan ke pantai, terpaksa itu harus ditunda. Strategi: Hadapi setiap tantangan dengan keberanian yang teguh sehingga membuat Anda tumbuh dengan kepribadian kuat dan jujur.

Pekerjaan: Memang terasa ada bebanbeban tambahan yang memerlukan penanganan khusus. Anda perlu ketabahan dalam menyelesaikan tugas itu. Bagi yang masih dalam tugas belajar, mungkin Anda menerima tambahan beban dengan mengambil banyak pelajaran ekstrakurikuler. Bagi yang sudah berkarier, terdapat masalah ekstra yang berurusan dengan listrik, air, gas, dan perawatan kendaraan. Anda juga akan mengalami perubahan profesi atau karier pada jalur yang sama sekali berbeda. Libra sangat mencemaskan kondisi keuangan saat ini, sehubungan dengan kehilangan pendapatan rutin atau akibat salah perhitungan. Selain itu, ada indikasi Libra mempunyai rencana untuk pindah rumah. Cinta: Waspada dengan cinta yang menyuburkan egoisme. Itu hanya merugikan pihak pasangan. Kehidupan asmara sedang gelap gulita. Strategi: Sebaiknya beban tugas itu tidak dikerjakan dalam waktu yang bersamaan. Sebab, jika itu dilakukan justru akan membuat Anda menjadi tegang dan panik.

Cancer–Five of Rods 22 Juni – 22 Juli Pekerjaan: Cancer akan menghadapi persaingan ketat. Akan tetapi, inilah satu-satunya kesempatan untuk membuktikan kemampuan. Pastikan semua itu berjalan secara terintegrasi, relevan, dan produktif. Orang yang menyiapkan diri dengan baik dan selalu siap kerja keras pasti menjadi pemenang. Cegahlah perpecahan atau mismanajemen dalam usaha yang satu itu. Imbangilah seluruh hambatan yang ada dengan daya juang, keyakinan, dan kepercayaan diri. Karier akan mengalami perubahan besar dan beberapa di antaranya merupakan perjuangan yang gigih dalam mengatasi kerumitan-kerumitan. Bila sedang berada di tengah suatu perdebatan atau perjuangan kepentingan tentang keuangan, Anda akan menjadi pemenangnya. Pintar-pintarlah mengatur prioritas. Cinta: Hanya satu jalan keluarnya, Anda harus mengalahkan kepentingan pribadi demi cinta itu sendiri. Waspada kecenderungan menjalin cinta segitiga. Strategi: Bersiaplah dengan gerakan-gerakan yang bersifat agresif dan siaga selalu dengan strategi dalam posisi bertahan. Ada baiknya, saat menghadapi lawan yang kuat, Anda memperoleh dukungan mutlak dari kubu Anda.

Sagitarius– Five of Cups 23 November21 Desember

Scorpio– Six of Cups 24 Oktober22 November

Libra–Ten of Rods 24 September23 Oktober

Pekerjaan: Beberapa waktu ini, Scorpio dalam keadaan tegang sehingga tubuh Anda memerlukan gairah baru dengan mengembalikan keselarasan emosi dan suasana santai. Tampaknya ada peningkatan kepekaan indra keenam yang membuat Scorpio mampu melahirkan gagasan-gagasan cemerlang. Akan ada pengalaman unik yang Anda temukan dalam pekerjaan kali ini. Anda terpicu oleh pekerjaan yang bersifat melayani, merawat, atau sebagai pekerja sosial. Sebagai seniman, Anda segera mendapatkan pengakuan. Saatnya menuangkan ide-ide unik. Keuangan Anda belum mulus. Tampaknya Anda perlu melakukan perjalanan singkat untuk berbagai alasan. Cinta: Cinta sedang memerlukan perubahan untuk tumbuh dengan cakrawala baru. Bagi yang telah berkeluarga, pikiran Anda tersita oleh ulah anak-anak. Strategi: Waktunya Anda menemukan suasana baru dengan cakrawala yang lebih terbuka. Tinggalkan dulu kesibukan saat ini, dengan mengunjungi tempattempat hening dan jauh dari keriuhan.

Capricorn– Three of Rods 22 Desember20 Januari Pekerjaan: Dengan siapa Capricorn berkoordinasi demi mencapai tujuan yang direncanakan itu? Banyak cara untuk mencapai tujuan dan hal tersebut. Adakalanya itu membuat bingung dalam mengambil suatu keputusan. Oleh sebab itu, Anda perlu belajar bersabar untuk mencari manfaat dari pengalaman masa lalu. Anda sangat ambisius untuk mencapai tujuan tersebut. Itu cukup adil karena Anda memiliki hubungan langsung dengan sumber pengetahuan dan keseimbangan antara keinginan dan penalaran. Anda juga perlu meluaskan wawasan daya beli yang mempunyai daya jual, sehingga cukup memberi keuntungan balik. Kesempatan baik sedang menuju ke arah Anda, tingkatkan kewaspadaan. Mungkin Anda akan ditawari suatu kerja sama yang menguntungkan. Cinta: Bila selama ini Anda tampil tomboi, kali ini bikin kejutan tampil lebih feminin. Saatnya Anda tampil beda dengan berdandan. Strategi: Kelebihan energi dalam tubuh seyogianya disalurkan dengan olahraga lari karena akan memicu ilham-ilham baru.

Pekerjaan: Tak ada gunanya menciptakan usaha dan hal-hal yang ekstrem. Ini merupakan kesempatan belajar dari kesalahan dan pengalaman. Sagitarius mungkin ditinggalkan atau dikhianati orang yang Anda cintai. Tetapi pasti masih ada sesuatu yang tersisa dan terselamatkan dari keadaan itu. Pesan dari peristiwa itu yakni Anda harus belajar mencintai setiap lawan Anda. Keuangan mendadak menguap. Simpanan Anda terkuras. Modal yang ditanam pada real estat mengalami kesalahan perhitungan. Namun, semua rasa kehilangan Anda kelak bakal tergantikan oleh sesuatu yang lebih baik. Cinta: Anda berusaha untuk memburu cinta, tetapi selalu terbentur oleh berbagai kendala. Mungkin saja, dia telah mengkhianati kepercayaan yang anda tanamkan. Hanya kalian berdua yang harus bisa bersama-sama memperbaikinya. Strategi: Tinggalkan segala sesuatu yang menjadi sandungan. Selalu bersikap tidak mengeluhkan apa saja yang tak memuaskan keinginan atau perasaan.

MEDIA UTAK ATIK PERTANYAAN MENDATAR: 1. Proses menjual perusahaan negara kepada swasta. Tujuannya membuat perusahaan tersebut lebih kompetitif dan mampu merespons kekuatan pasar 7. Penggubah lagu Rusia (1840-1893). Karyakaryanya meliputi lagu-lagu untuk sejumlah balet, opera, simfoni dan concerto. Salah satu yang terkenal: Swan Lake (1876) 13. Panggilan untuk anak laki-laki (di Ambon) 14. Tidak 15. Perjalanan keliling (bah. Inggris) 16. Panggilan untuk dokter (bah. Inggris) 17. Bertalian dengan kelompok sosial berdasarkan keturunan dan budaya 18. Nama akhir tokoh politik yang pernah menjabat Perdana Menteri Singapura (1959-1990), Menteri Senior dan Menteri Mentor. 19. Tanding 20. Nanas (bah. Inggris) 23. Kamar; ruang (bah. Inggris) 24. Keramik putih berkilat dan padat tanpa pori-pori. Pertama kali dibuat di China pada abad-7 (bah. Inggris) 27. Beraksi; sok 29. Tempat khusus untuk barang di mobil 30. Minta diberitahu 36. Seperlunya; seadanya 39. Kaca potret 40. Tidak setuju; menentang 42. Tidak hadir 43. Hamparan air asin yang luas 44. Rupiah 45. Binatang yang hidup di air 46. Kecepatan 47. Anggapan sebelum dibuktikan 50. Senada; serasi 52. Sidang Umum 53. Lapangan udara 55. Universitas terkemuka di Indonesia 56. Nihil; di bawah angka satu 57. Penjara 61. Jauh (bah. Inggris) 63. Konstitusi 64. Drama dalam bentuk tarian, tanpa dialog 66. Satu 67. Kata tunjuk 68. Muatan; bobot 69. Bola 71. Wapres ke-5 RI 74. Alat pendingin 75. Aneh; dari luar negeri 76. Orang dipenjara karena melakukan tindak pidana 77. Dosa (bah. Inggris).

PERTANYAAN MENURUN: 1. Gambarnya terpampang karena secara seksual menarik 2. Organisasi Buruh Internasional (bah. Inggris) 3. Lapisan udara yang melingkupi bumi 4. Meng...: mengamati dari tempat tersembunyi

Pekerjaan: Leo yang penuh sifat bijaksana selalu dicari orang sebagai penasihat. Untuk mencapai idealisme, tak diragukan lagi, Anda memang rela berkorban dan bertanggung jawab atas apa yang telah Anda putuskan. Leo mempunyai keberanian untuk itu dan energi daya tahan yang memberi inspirasi sebagai seorang pemimpin. Waspadalah, Anda dipastikan menghadapi hal-hal yang membingungkan, menghadapi berbagai tagihan, terutama yang berhubungan dengan kartu kredit. Namun di sisi lain, Anda boleh bergembira karena ada suatu proyek yang telah lama Anda geluti mendatangkan pendapatan yang berlimpah. Cinta: Sifat romantisme Anda sedang meningkat dan pesan-pesan cinta sedang menuju Leo. Kelihatannya banyak hal yang tidak sesuai satu dan lainnya. Suasana romantis juga menanjak. Strategi: Berhati-hatilah dengan usulan yang tidak sesuai dengan ketidakmampuan dan sumber daya yang Anda miliki. Sebab, hal ini akan mengecewakan seluruh pihak yang terlibat.

Grand Master Tarot

Aquarius– Ace of Rods 21 Januari-19 Februari

Pisces– IX The Hermit 20 Februari–20 Maret

Pekerjaan: Aquarius mempunyai energi yang berlebih, itu mendasari sebuah niat yang sangat menjanjikan. Saat ini Anda lebih terbuka untuk menampung minat-minat baru. Rangsangan sebuah kejadian akan memicu karier Aquarius. Inilah saatnya untuk mencipta. Galilah sumber itu secara optimal, baik dalam hal-hal pekerjaan baru maupun yang sementara masih Anda jalani. Tampaknya Anda akan menerima suatu promosi atau menerima tugas baru lagi. Siswa yang sedang menunggu kabar akan memperoleh kabar gembira karena diterima di sekolah yang diinginkannya. Bagi para pekerja dan freelancer, mereka akan menerima kontrak kerja. Ide Anda yang orisinal menjadi daya tarik dan membuat orang terpukau. . Cinta: Anda harus memilih. Kemitraan Anda akan berkembang positif berkat saling pengertian. Itu dapat mengarah ke pertunangan atau pernikahan. Strategi: Tangkaplah setiap kesempatan yang datang menyerbu. Saat-saat keberuntungan sedang muncul dan akan membawa peningkatan kesejahteraan.

Pekerjaan: Kartu Hermit menegaskan bawah sadar Anda kini mengungkapkan sikap ragu-ragu. Kesadaran tinggi mempertimbangkan kembali untuk bertindak sebagai mercu suar, melalui kesempatan kedua dalam pencarian jiwa. Bukan waktunya mengambil tindakan, diskusi, atau membuat suatu keputusan. Ini adalah waktu untuk berpikir, mengatur, mencerna penalaran, dan mengambil keputusan untuk menanam saham. Mungkin ada rasa frustrasi dan ketidakpuasan. Tapi, saat ini itu lebih mengarah pada pencerahan, iluminasi, atau pencarian kejelasan. Anda akan terima sejumlah uang berkat keberhasilan suatu proyek dan sebagian dapat memenuhi kesena ngan, menyisihkan untuk memproduksi sesuatu atau disumbangkan. Cinta: Anda berhasil dalam hubungan saat ini, bahkan minggu ini Anda akan berakhir pekan dengan kebahagiaan. Strategi: Liburan dan perjalanan menjadi terapi yang baik untuk memberi kesempatan kepada Anda agar berpikir lebih jernih. Teruslah melangkah ke depan dengan meningkatkan kewaspadaan.

Pekerjaan: Berhijrah. Angka sakral 13 mengandung makna pembaiatan atau seseorang yang terlahir ulang melalui perubahan-perubahan kekuatan mentalnya. Di bawah angka itu, Virgo dapat mengharapkan skema perubahan-perubahan yang membawa suatu akhir yang tak lagi berguna untuk dilanjutkan. Waspada agar tidak kehilangan kontrol diri hingga melukai perasaan kawan sejawat. Banyak perubahan dalam lingkungan pekerjaan. Ada mutasi besar-besaran, juga bergantinya pimpinan. Bila saat ini keuangan Virgo masih terpusat pada satu usaha tertentu, waktunya untuk mempertimbangkan untuk menanam modal pada usaha-usaha lain. Cinta: Seseorang meninggalkan Virgo, tapi seseorang lain akan muncul di depan Anda tanpa Anda pernah duga sebelumnya. Strategi: Tinggalkan hari kemarin. Biarkanlah kepedihan dan masalah yang melukai berlalu bersama waktu. Saatnya mencari dimensi-dimensi baru dalam ruang lingkup kehidupan guna meningkatkan tanjakan kejiwaan.

Aries– Seven of Rods 21 Maret-20 April

Pekerjaan: Waspadai secara saksama impian-impian, dengan cara rajin membaca iklan atau mempertajam pendengaran yang mendatangkan peluang baru bagi pengembangan usaha-usaha lain. Bersikaplah ksatria. Kesuksesan hanya dapat diraih apabila Anda menyusun perencanaan yang matang dan memiliki data yang komplet. Untuk mencapai idealisme, Anda harus rela berkorban dan bertanggung jawab atas apa yang telah Anda putuskan. Anda mempunyai keberanian dan energi daya tahan yang memberi inspirasi sebagai pemimpin. Seandainya Anda menjual aset tanah atau properti, waspadai turunnya nilai uang. Anda berhasil dengan gemilang menangani segala urusan karena kecerdasan dan kemampuan Anda melengkapi semua persyaratan sebuah proyek. Cinta: Pasangan sedang membutuhkan nasihat. Ada keluarga terlalu banyak turut campur. Anda harus bersikap tegas. Strategi: Tetaplah bertahan pada posisi dan pandangan yang memang Anda yakini. Seseorang sedang menguji ketegaran dan kekuatan Anda.

SUDOKU 38. Acara; program 40. Nama kantor berita Indonesia 41. Sejenuis kerang yang kulitnya datar 47. Pemuka agama; pertapa 48. Kereta api 49. Besi batangan berulir, biasanya untuk menyambung dua bagian 51. Orang yang dipercaya; tanggungan 54. Cahaya 58. Rentengan; benang untuk menggandenggandengkan mutiara 59. Hebat; sangat 60. Enau; pohon jenis palem 62. Dokumen untuk referensi 65. Bagian wajah di atas alis 69. Pimpinan 70. Dengan alamat 71. Sekolah Guru 72. Gelar sarjana (bah. Inggris) 73. Di atas (bah. Inggris).

5. Mata kaki (bah. Inggris) 6. Di dalam 7. Nama kue sejenis tart yang terkenal 8. Bernyawa; tidak mati 9. Meng...: Sangat menginginkan 10. Opera ringan (bah. Inggris) 11. Sebelum malam tiba 12. Merasa pasti 21. Kampungan 22. Perekat keras dari damar berwarna merah/hitam 25. Orang kaya baru 26. Sangat dingin; seperti es (bah. Inggris) 27. Kendaraan umum memuat sekitar 30 orang 28. Singkatan 31. Khusus; terpisah/beda dari yang lain 32. Tidak (bentuk terikat) 33. Kakek; datuk 34. Konkret 35. Barang 37. Wadah untuk air dsb

No. 550 1

2

Jawaban dan pengumuman Pemenang dapat disimak hari Sabtu 3

4

13

5

6

14

7

21

24

29

37

25

38

31

32

39

45 48 52 57

53

58

40

49

44

51

55 60

61

62

63

65

67 70

Jawaban Edisi Minggu, 3 Juli 2011

41

50

54

59 64

66

33

46

47

KETENTUAN:

26

43

56

12

35

42

74

11

17

30

34 36

10

16

23

28

9

19

22

27

8

15 18

20

SUDOKU atau dikenal juga dengan tebak angka (number place) merupakan teka-teki logika. Aturan mainnya sangat sederhana. Isilah kotak kosong hingga setiap kolom, baris, serta area kotak 3 x 3, terisi angka 1-9 tanpa ada pengulangan. Untuk pemainkan Sudoku, Anda tidak harus pintar matematika. Anda hanya memerlukan logika dan penalaran. Selamat menghadapi tantangan!

68 71

72

75

● Guntinglah Media utak-atik yang telah Anda isi dan tempelkan pada sehelai kartu pos ● Tuliskan nama lengkap, alamat lengkap dan nomor rekening yang dapat dihubungi ● Kirim ke bagian Promosi Media Indonesia, Jl. Pilar Mas Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Jakarta 11520 ● Kartu pos ditunggu selambat-lambatnya tanggal 22 Juli 2011 (stempel pos). ● Diumumkan 23 Juli 2011

69

73 76

77

HADIAH:

● Pemenang ditetapkan sebanyak 5 orang. ● Hadiah dalam bentuk uang masing-masing senilai Rp 250.000,- (dipotong pajak hadiah 25%) ● Hadiah dikirim ke nomer rekening paling lambat 2 minggu setelah diumumkan ke alamat pemenang.

Tanggapan dan komentar: miweekend@mediaindonesia.com


F OTO

MEDIA INDONESIA | MINGGU, 10 JULI 2011 | HALAMAN 24

Di tengah hiruk-pikuk Kota Paris, kaum pengemis dan tunawisma hidup berdampingan dengan turis dan warga setempat. Seperti seorang tunawisma yang tertidur lelap tanpa memedulikan kebisingan dekat Katedral Notre Dame, beberapa pekan lalu.

Mereka Disebut Gipsi Seorang perempuan gipsi berbaring di depan butik pakaian merek ternama dunia di kawasan Madeleine, Paris, beberapa waktu lalu.

Kawasan Foro Romano, alun-alun peninggalan kekaisaran Romawi, di Kota Roma, senantiasa dipadati turis. Hal itu praktis membuat para pengemis gipsi berdatangan.

Sepasang turis melewati seorang perempuan gipsi yang bersimpuh di Spanish Steps, Kota Roma.

F OTO DA N T E KS : M I / J E R O M E E W I R AWA N

“M

EMANGNYA kami Al-Qaeda? Silakan tangkap kami jika kami dianggap teroris!” Seraya bercucur air mata, seorang gadis berambut cokelat menyerukan kalimat tersebut kepada tiga prajurit bersenjata lengkap yang tengah berpatroli di pelataran Katedral Notre Dame, Paris, Prancis, beberapa pekan lalu. Sang gadis dan lima temannya kemudian beringsut gontai, menenteng kertas lusuh berisi permintaan sumbangan. Modus amal memang andalan para remaja itu untuk mengemis secara halus. Kelompok remaja serupa tersebar di kota-kota besar Eropa, dari Berlin, Amsterdam, Barcelona, hingga Roma. Mereka adalah kaum Romani, salah satu kelompok etnik minoritas Eropa yang terkonsentrasi di Romania. Sederet julukan serta cap menempel pada diri mereka, seperti sinti dan gipsi. Yang terakhir disebut lebih mewakili penderitaan, alih-alih perempuan berkerudung berkemampuan cenayang alias meramal. Ratusan ribu kaum gipsi digiring pasukan Nazi pada Perang Dunia II ke berbagai kamp konsentrasi. Seperti terhadap kaum Yahudi, Adolf Hitler ingin menghabisi kaum gipsi dari muka bumi. Hingga kini kaum gipsi tetap mendapat perlakuan diskriminatif dari kebanyakan negara-negara Uni Eropa (UE). Negara-negara tersebut gerah dengan populasi kaum gipsi yang melonjak tajam selepas Rumania dan Bulgaria masuk UE pada 2007 lalu. Berdasarkan catatan organisasi kemanusiaan Caritas Italiana, terdapat peningkatan populasi kaum gipsi di UE dari 1,7 juta jiwa pada 2007 menjadi 2,3 juta jiwa pada 2010. Jumlah tersebut diikuti dengan setumpuk masalah sosial, seperti pendirian perkampungan tenda dan peningkatan jumlah pengemis kaum gipsi di kota-kota besar Eropa. Pada 2010, Presiden Prancis Nicolas Sarkozy menempuh jalan singkat, yaitu dengan mengirimkan 8.000 orang gipsi ke Rumania dan Bulgaria. Dia juga memerintahkan pembersihan kampung tenda di berbagai kota di Prancis. Alih-alih pujian, cercaan justru menimpa Sarkozy dari kubu UE dan rakyat Prancis sendiri yang peduli hak asasi manusia. Kaum Romani bukannya tidak sadar akan masalah seputar keberadaan mereka. “Anda pikir saya senang melihat anak saya bermain akordeon di trem dan memunguti koin? Saya juga ingin digaji dan datang ke kota besar seperti turis. Namun, saya bahkan tidak berani memimpikan datangnya hari itu,” kata Zanfira, seorang perempuan tua gipsi. (M-3)

Tunawisma duduk di sebuah taman dekat Monumento Vittoriano Emanuele II, Roma.


Media Indonesia