Issuu on Google+

HIGUAIN HATTRICK, ARGENTINA START SEMPURNA

MIX TIDAK SELALU MATCH

Pemasangan Iklan & Customer Service: 021 5821303 No Bebas Pulsa: 08001990990 e-mail: cs@mediaindonesia.com

Siapa yang bilang mix selalu berpasangan dengan match? Bukan desainer Eddy Betty, pastinya. Buat dia, mix don’t match justru menciptakan statement mode.

Higuain mencetak hattrick untuk mengantarkan Argentina melewati ujian pertamanya di kualifikasi Piala Dunia 2014.

Rp2.900/eks (di luar P. Jawa Rp3.100/eks)

Style, Hlm 13

Sport, Hlm 6

Rp67.000/bulan (di luar P.Jawa + ongkos kirim) REUTERS/MARCOS BINDICCI

MI/RAMDANI

M I N G G U , 9 O K T O B E R 2 011 | N O .1116 7 | TA H U N X L I I | 2 4 H A L A M A N

Ijon Terkuak, Pembahasan APBN Macet

Stand Up Comedy Mengisi Celah Kejumudan Politik

Saat ini dua hingga tiga kementerian berada dalam cengkeraman jaringan mafia. FARDIANSAH NOOR

PENGANTAR: Lawakan ternyata punya banyak fungsi, sebagai media kritik, bahan untuk menertawakan keadaan dan diri sendiri, juga sebagai hiburan. Belakangan ini, ada alternatif lawakan stand up comedy yang semakin disukai masyarakat Indonesia. Berikut laporannya di halaman 1 dan 5. AKSI-AKSI kekerasan, kriminal, korupsi, dan praktik penzaliman lainnya boleh jadi membuat tayangan komedi menjadi pilihan bagi masyarakat untuk dinikmati. “Keseringan mereka (masyarakat) dicekoki tayangan kekerasan, demo, kerusuhan, masyarakat terpancing menjadi keras, padahal sejatinya mereka tidak begitu,” ujar pelawak Tarzan suatu ketika. Nah, mereka pun ingin keluar dari kepenatan, rasa stres, dan kegalauan dengan lawakan-lawakan yang lucu dan menyegarkan. Tidak mengherankan, meski sebenarnya bukan sesuatu yang baru, stand up comedy, atau biasa disebut komedi tunggal, kini kian marak, baik di layar televisi maupun di kafe-kafe. Lawakan genre ini memang berbeda dengan yang kebanyakan ada. Maklum, di sini biasanya komedian tampil sendirian dan harus mampu membuat orang tertawa lewat materi yang diungkapkannya, tetapi bukan slapstick atau adegan pukul-pukulan seperti yang ada saat ini. Komedi jenis ini pun memiliki kekuatan tersendiri. Masyarakat dapat terhibur sekaligus diajak berpikir mengenai materi-materi yang disampaikan komedian. Selain itu, masyarakat bisa belajar lebih dewasa, tidak sensitif, dan berpikiran terbuka. Besarnya antusiasme masyarakat terhadap stand up comedy boleh jadi disebabkan adanya kejenuhan pada tayangan komedi layar kaca yang itu-itu saja, penuh kelakar dan membuat tertawa tetapi tidak mengajak penonton berpikir. “Tapi sebenarnya mau lawakan yang pukul-pukulan, maupun lawakan komedi tunggal yang kebanyakan menyajikan joke-joke politik itu adalah cerminan dari bangsa kita,” ungkap pelawak senior Indro Warkop. Kalau ada lawakan yang pukul-pukulan, katanya itu merupakan gambaran dari elite politik yang memang sering saling sikut. Begitu juga kalau joke-joke yang diungkapkan para komedian pada stand up comedy itu karena politik di negara ini pantas dijadikan bahan lelucon. Komedi telah menjadi sebuah kebutuhan masyarakat di tengah ketegangan, kejenuhan, dan kegalauan dalam hidup. (Eri/M-1)

MI/PANCA SYURKANI

TAYANGAN KOMEDI: Komedian Miun menjalani taping program Stand Up Comedy Show di Grand Studio Metro TV, Kedoya, Jakarta, Selasa (4/10).

PAUSE

M

ANTARA/TERESIA MAY

PUTERI INDONESIA 2011: Maria Selena (kiri) terpilih sebagai Puteri Indonesia 2011 didampingi Miss Universe 2011 Leila Lopes dalam pemilihan di Plenary Hall, Jakarta Convention Centre, Jakarta, Jumat (7/10) malam. Maria mengalahkan 37 finalis lainnya dari 33 provinsi.

Mahkota Emas Putih untuk Maria Selena WAKIL asal Jawa Tengah, Maria Selena, akhirnya berhak memakai mahkota Puteri Indonesia setelah terpilih dalam ajang Pemilihan Puteri Indonesia 2011 di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (7/10) malam. Perempuan kelahiran Palembang, 24 September 1990, ini akan mengemban tugas keputerian menggantikan Nadine Alessandra Dewi Ames. “Saya senang banget dan bangga terpilih menjadi Puteri Indonesia. Cita-cita saya dari kecil untuk ikut kompetisi akhirnya terwujud,” ujarnya kepada Media Indonesia di Jakarta, Sabtu (8/10). Ia mengaku sejak kecil termotivasi untuk mengikuti pemilihan tersebut karena sering menontonnya di layar kaca. Meski begitu, ia sempat ragu

ikut dalam kontes kecantikan tersebut. Setelah mengikuti karantina selama 10 hari bersama 37 peserta lainnya dari 33 provinsi, kepercayaan dirinya meningkat hingga ia berhasil menjadi pemenang. “Rencana saya setelah ini ialah mengemban tugas sebagai Puteri Indonesia. Meski baru dua hari, saya akan menjalani program yang sudah disediakan oleh Yayasan Puteri Indonesia (YPI). Pastinya, saya akan memberi kontribusi,” sambungnya. Mahasiswi Institut Teknologi Bandung ini menambahkan bahwa dirinya memiliki bidang yang ingin ditekuni lebih serius. Selain melaksanakan program yang diatur oleh YPI, ia ingin lebih banyak berkontribusi dalam pemberdayaan perempuan,

terutama remaja putri. Menurut penyuka basket, piano, dan memasak ini, pengembangan kreativitas dan seni menjadi saluran terbaik untuk mengembangkan kemampuan remaja putri. “Saya ingin membawa inspirasi kreativitas bagi remaja putri sehingga mereka lebih bisa mengembangkan bakat,” tandasnya. Sebagaimana diketahui, penyematan mahkota emas putih berlapis batuan alam dan mutiara kepada Maria dilakukan oleh Nadine didampingi Miss Universe 2011 asal Angola, Leila Lopes. Maria menang setelah mengalahkan Liza Elly Purnama dari Jawa Timur dan Andri Tentri Gusti Hanum Natasha dari Sulawesi Selatan. (Din/Ant/M-6)

Perangkat Teknologi dan Masalah Leher

Presiden Legowo PKS Keluar dari Koalisi

PERANGKAT teknologi sering dikaitkan dengan gangguan penglihatan. Namun, teknologi seperti telepon pintar atau tablet PC ternyata juga dapat menyebabkan masalah leher yang disebut text neck. Itu terjadi akibat menghabiskan banyak waktu dengan menundukkan kepala ketika menggunakan telepon seluler, SENO layar komputer, atau tablet PC. Penyebab text neck ialah peregangan leher yang berlangsung lama sehingga dapat menyebabkan kerusakan permanen akibat radang sendi (artritis) jika tidak diobati. “Jika duduk dengan kaki disilangkan dalam jangka waktu yang lama, Anda akan terasa kaku dan sakit saat kembali ke posisi normal. Itulah yang terjadi di leher,” kata Rachael Lancaster, ahli saraf dari Freedom Back Clinics di Leeds, Inggris. Text neck dapat dihindari dengan beristirahat setiap 10 menit sekali dan duduk tegak sambil memegang telepon pintar atau tablet PC sedikit lebih tinggi daripada posisi mata Anda. (*/Telegraph/I-1)

POSISI Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berada di ujung tanduk. Sebab, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono legowo bila PKS keluar dari koalisi. Ketua DPP Partai Demokrat Kastorius Sinaga, di Jakarta, kemarin, menjelaskan bahwa ancaman PKS tidak mempan. Menurut dia, SBY legowo bila PKS keluar dari koalisi. Karena itu, kata dia, SBY tetap mengedepankan pertimbangan peningkatan kinerja. PKS tak henti bermanuver. Sekjen PKS Anis Matta membandingkan SBY dengan Pak Harto dalam menyusun kabinet. Ia mengatakan, saat menyusun kabinet, SBY menggunakan mekanisme uji kelayakan dan kepatutan. Akan tetapi, kata dia, SBY juga presiden yang paling sering merombak kabinet.

Simulasi perombakan kabinet sudah kelar. Presiden bersama Wapres Boediono menggodok perombakan kabinet secara intensif dan eksklusif di kediaman pribadi SBY di Puri Cikeas Indah, Bogor. “Kalau dari jadwalnya, harusnya (simulasi) sudah selesai,” ujar Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Politik Daniel Sparringa. Cari selamat Langkah selanjutnya ialah Presiden dan Wapres berkomunikasi terlebih dahulu dengan pimpinan partai politik anggota koalisi. Setelah itu, memberitahukan kepada yang akan diganti atau digeser, dan memanggil calon menteri. Semuanya secara simultan akan terjadi mulai minggu depan. Wakil Sekjen PKS Mahfudz

Shiddiq masih menunggu komunikasi dengan SBY. Itulah sebabnya, kata dia, PKS tidak mau menanggapi desakan Demokrat agar SBY mengurangi jatah menteri PKS yang saat ini empat menteri. Strategi PKS menghadapi perombakan kabinet, menurut pengamat politik Ikrar Nusa Bakti, tidak cerdas. PKS mengedepankan politik megaphone yang memperlihatkan kepanikannya. Mantan Wapres Jusuf Kalla mendukung perombakan kabinet. Menurut dia, sejumlah kementerian berkinerja buruk. Apalagi, kata dia, sekarang banyak pejabat yang lepas tanggung jawab atau hanya mencari selamat. Ia berharap penggantian menteri dilakukan secara profesional. (Mad/BN/*/X-3)

ESKI pembahasan RAPBN 2012 masih macet, pengaduan masyarakat terkait dengan mafia anggaran jalan terus. Praktik ijon APBN mulai terkuak. Praktik ijon APBN itu diadukan masyarakat ke Posko Pengaduan Praktik Mafia Anggaran (P2PM) DPR yang digagas Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Laode Ida bersama fungsionaris Partai Golkar Zainal Bintang. Laode menjelaskan dirinya baru saja mendapat pengaduan dari seorang kontraktor yang sudah mengijon APBN hingga Rp700 juta kepada Komunitas Senayan--sebutan untuk mafia anggaran di DPR. Ia menjelaskan, kontraktor yang hendak membangun rumah sakit di Papua dimintai membayar uang administrasi sebesar Rp700 juta oleh oknum di parlemen yang punya kewenangan membahas anggaran. Menurut Laode, bukti-bukti pembayaran tersebut sudah diserahkan kepada posko. Laode menjelaskan, kontraktor tersebut membayar dalam dua tahap, yakni Rp400 juta dan Rp300 juta. Namun, hingga saat ini, proyek yang dijanjikan tersebut tidak terealisasi. Saat ditemui terpisah, kemarin, Zainal Bintang membenarkan bahwa posko menerima banyak pengaduan soal ijon APBN. Itulah sebabnya, kata Zainal, pembahasan APBN oleh banggar bersama pemerintah hanya formalitas. Tidak hanya itu. Saat dirinya bersama Laode bertemu Muhammad Nazaruddin pada Jumat (7/10), kata Zainal, Nazar yang mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itu menyebut bahwa saat ini dua hingga tiga kementerian berada dalam cengkeraman jaringan mafia. Subsidi energi Boleh saja ada yang menyebut pembahasan APBN formalitas belaka. Faktanya pembahasan RAPBN 2012 hingga kini macet. Panitia Kerja A Badan Anggaran DPR yang membahas asumsi makroekonomi RAPBN

2012 menemui kebuntuan saat membahas subsidi energi. Anggota Banggar Laurens Bahang Dama menjelaskan bahwa banggar menggugat alokasi subsidi yang tidak mencerminkan keadilan. Ia menjelaskan, total subsidi BBM sudah mencapai Rp123 triliun dengan alokasi 59% subsidi BBM untuk Jawa dan Bali. Bahkan, kata dia, subsidi untuk Jabodetabek mencapai 18%. Provinsi di luar Jawa-Bali cuma mendapat subsidi 1%. Mestinya, kata Laurens, daerah yang menjadi kantong kemiskinan diberi perhatian yang lebih besar dalam APBN.

Pembahasan APBN oleh banggar bersama pemerintah hanya formalitas.” Zainal Bintang Penggagas P2PM Dalam RAPBN 2012, pemerintah mengalokasikan anggaran untuk subsidi BBM sebesar Rp123 triliun, sedangkan untuk listrik sebesar Rp45 triliun. Anggota Banggar Satya W Yudho menambahkan, ada anggota banggar yang protes atas besarnya subsidi BBM untuk Jawa-Bali, sedangkan daerah lainnya mendapatkan subsidi jauh lebih rendah. “Kenapa daerah lain ada yang mendapat subsidi 1%,” cetus Satya. Karena itulah, ujarnya, banggar meminta pemerintah mengontrol volume BBM di JawaBali. Caranya, membangun banyak SPBU yang menjual pertamax dan mengurangi volume premium bersubsidi. Jika kontrol volume itu dilakukan di Jawa-Bali, penghematan bisa sebanyak 12,6 juta kiloliter atau setara Rp28 triliun. (*/X-3) fardiansah@ mediaindonesia.com Berita terkait hlm 4 Kirimkan tanggapan Anda atas berita ini melalui e-mail: interupsi@mediaindonesia.com atau mediaindonesia.com

Facebook: Harian Umum Media Indonesia Twitter: @MIdotcom


2

MINGGU, 9 OKTOBER 2011

INTERUPSI

S E L E K TA

Demokrat Minta SBY Kurangi Menteri PKS

Tarif Tol Naik Kemacetan Terus Terjadi PENGANTAR BERBAGAI kalangan mengeluhkan pelayanan jalan tol yang tidak kunjung membaik kendati tarif dinaikkan. Umumnya mereka mengeluhkan kemacetan parah yang masih mendera jalan yang disebut bebas hambatan tersebut. “Kemacetan di tol kian parah. Namun pemerintah ngotot menaikkan tarif. Ini benar-benar tidak adil,” kata Yunus, 45, yang menjadi karyawan sebuah perusahaan swasta, Jumat (7/10), lalu (Selekta, Hlm 12, 7/10). Berikut tanggapan pembaca.

PENGANTAR DEMOKRAT geram dengan manuver Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang menebar ancaman kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Demokrat pun mengusulkan pengurangan jatah menteri PKS kepada SBY. “PKS itu anggota koalisi yang tidak jelas. Beberapa kali kader PKS menyerang Presiden,” kata Anggota Dewan Pembina Demokrat Achmad Mubarok, di Jakarta, Jumat (7/10) lalu (Berita utama Hlm 1, 7/10). Berikut tanggapan pembaca.

MI/TRI HANDIYATNO

Utamakan Pelayanan ANTARA/PUSPA PERWITASARI

Partai Nyeleneh PKS partai nyeleneh. Presiden harus tegas terhadap partai koalisi yang tingkahnya macam-macam. Tidak perlu takut terhadap ancaman yang sering mereka lontarkan. M Makhfudz

Pecat Saja! PECAT PKS! Saya pikir Pak SBY harus berani memecat PKS dari koalisi pemerintah agar mereka tidak besar kepala. Jangan takut dengan ancaman mereka. Rakyat juga sebel, kok, ke elite-elite PKS yang mayoritasnya berpoligami. Taty Kusmayaty

Ada di Tangan SBY SERAHKAN saja semua keputusan di tangan SBY. Jadi serahkan saja apa keputusannya yang akan keluar tanpa ada paksaan dan intervensi. Cak Anton

Karena Allah PIMPINLAH negeri ini karena Allah. Untuk apa sih semuanya? Toh, kita semuanya akan mati dan mempertanggungjawabkannya. Neuer Wandy Milanisty

Demokrat Bermasalah SEPERTINYA Partai Demokrat, deh, yang banyak bermasalah. Ancha O’kazan

Tanggung

Cari yang Profesional

HABISKAN saja, tanggung! Yang nggak berkompeten untuk apa jadi menteri? Ngabisin uang rakyat saja partai. Pratama Saputra

MASYARAKAT minta hilangkan menteri dari partai politik karena sekarang yang tampak bukan kalangan menteri profesional melainkan lebih terkesan menteri politik. Nur Cholis Dwi R

Mirip Anak Kecil KAYAK anak kecil saja pemimpin negeri ini. Besok mau main perang-perangan atau main masak-masakan saja? Rudi Setiawan

Diintimidasi PARTAI Islam yang mengecewakan. Kasihan amit presiden diintimidasi. Sri Subarjo

Kepentingan Kelompok JANGAN hanya untuk kepentingan kelompok. Yang diangkat harus dapat konsisten, jujur dalam bekerja. Jangan sampai terbawa arus saat ini. Yusup Jarangpulang

SETUJU dikurangi, kasih 100 jempol, deh. Albert Kalalo

Satunya peragu, yang lain serakah. Sudah saatnya reformasi dan revolusi mental sehingga tidak mati sia-sia negara ini. Imam Rizal

Salah Melulu SBY tidak pernah tepat dalam memilih baik untuk wakil presiden ataupun menteri. Makanya ada menteri yang diganti. Shaterhan Kute

Politik Dagang KAPAN negara ini makin baik, kalau orang pemerintahan masih mikirin partai dan politik dagang kambing masih berlaku. Hasilnya, ya garong dan garong. Yudho Arjunanto

Pilih yang Amanah

Ngisi Kantong

PILIHLAH menteri yang amanah. Tidak boleh terpengaruh parpol dari dia berasal. Semua dipilih Presiden dengan berserah kepada Allah SWT. Usuf Fz

MENTERI itu jangan dari partai. Biar fokus kerja, biar nggak kepikiran ngisi kantong partai. Andri Perdana

Kembali ke Fitrah

Dampak Reformasi Angkat Jempol

Peragu dan Serakah

Dampak dari reformasi dan negara berdemokrasi ya seperti ini. Segalanya serbaleluasa, bebas asal berani bertanggung jawab! Ririn S’Lestari

SISI baik dari permintaan Demokrat adalah agar PKS kembali memuhasabah dirinya dan kembali kepada fitrahnya sebagai partai dakwah seperti yang di rintis almarhum KH Rahmat Abdullah. Islahul Fitri

TARIF boleh dinaikkan asal pelayanan juga ditingkatkan. Brand’All Whic Chanke

Mimpi TOL bebas macet hanya mimpi kalau setiap tahun volume kendaraan meningkat drastis dan kesadaran berkendaraan yang rendah dari pengendaranya. Mau dibangun tol, bus TransJakarta, ataupun monorel, kemacetan akan tetap terjadi. Joni Sembiring

Cari Untung YAH, namanya juga yang punya usaha manusia. Mana ada puas-puasnya. Cari untung sebesarbesarnya, mumpung negara lagi bobrok. Ariyanto Ant Toant1

Rakus PEMIMPIN Indonesia benar-benar pinbo (pinterpinter bodoh). Selebar apa pun jalan dibuat, tidak akan bisa mengatasi kemacetan kalau kendaraan tidak dibatasi. Ini membuktikan kerakusan pemimpin negeri ini. Pardi Ardi

TIdak Imbang KEBIJAKAN yang tidak seimbang. Oji Fahruroji Al Benothanz

Pelayanan Ditingkatkan TINGKATKAN dulu pelayanan, baru naikkan tarif. Ocu Azmi

Batasi Mobil TARIF tol naik kan tidak memengaruhi jumlah mobil. Ini sama seperti beras naik, toh orang lapar tetap melimpah. Wong beda jalur! Kalau mau mengurangi kemacetan, tutup pabrik mobil, naikkan pajak mobil setinggi langit, juga biaya parkir. Jonna Marcell

H A L A M A N U TA M A

Tiga Perempuan Raih Nobel Perdamaian Ada yang Lebih Pantas JULIA Perez, Dewi Persik, dan Syahrin, itu yang lebih pantas. Yolanda Uitjie

Masih Enggan ADA banyak sih sebenarnya wanita Indonesia yang bisa dijagokan, tapi sepertinya mereka masih enggan. Slaheddine Rifqi

Prinsip Duit KALAU suka dipakai, tidak suka jangan dipakai! Itu prinsip dari pengelola. Yang penting masih bisa menghasilkan duit. Ebeng Aja

Sama Saja JALAN tol kondisinya sama dengan jalan arteri, macet! Asan Arnasan

Tanpa Solusi DINAS Perhubungan hanya berdiam diri tanpa mencari solusi. Iwan Setiawan

Usul

REUTERS

KALAU boleh usul dari Indonesia... Andy Nurpati. Andy Emerson Purba

PENGANTAR HADIAH Nobel Perdamaian 2011 dianugerahkan kepada tiga tokoh perempuan, yakni Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf, Leymah Gbowee dari Liberia, dan seorang perempuan asal Yaman Tawakkul Karman. Mereka dinilai telah berjuang tanpa kekerasan demi keamanan dan hak-hak perempuan.

“Kita tidak bisa mencapai demokrasi dan perdamaian, kecuali jika perempuan mendapat kesempatan yang sama dengan laki-laki,” kata Ketua Komite Nobel Thorbjoern Jagland, di ibu kota Norwegia, Oslo, Jumat (7/10) lalu (Halaman Utama, hlm 1, 7/10). Berikut tanggapan pembaca.

Ke Mana?

Ayu Ting-Ting

WANITA Indonesia, di mana kalian? Asan Arnasan

FROM Indonesia... Ayu Ting-Ting... hehehe.... Yudi Bachtiar

Urusan Kapital TARIF urusannya dengan kapital, bukan dengan kemacetan. Fajar Budiati

Menata SRIKANDI Indonesia masih tahap menata. Biar gak dapat nobel, yang penting tebel. Erost Ferdiansyah

Jika Kartini Ada KALAU saja Ibu RA Kartini hari ini masih hidup, mungkin beliau salah satu penerima nobel dari Indonesia. Haerudin Tea

Bukan untuk Kenyamanan BERDASARKAN Keputusan Menteri PU serta PP No 15/2005 mengenai Jalan Tol, khususnya Pasal 68 yang mengatur soal evaluasi dan penyesuaian tarif tol setiap 2 tahun, penaikan memang bukan untuk memberikan kenyamanan pengguna jalan tol, melainkan bertujuan untuk mengembalikan nilai uang yang menurun akibat tergerus inflasi. Jadi, jangan berharap tol tidak akan macet. Ngimpi kali ye.... Musa Siregar


P OLKAM

MINGGU, 9 OKTOBER 2011

3

Pimpinan KPK Diusulkan Kebal Hukum Tanpa hak imunitas, KPK sulit menyentuh kasus-kasus korupsi di pusat kekuasaan negara. RATNA NURAENI

P

IMPINAN Komisi Pem berantasan Korupsi seharusnya memiliki hak imunitas alias kebal hukum. Dengan hak itu, performa gebrakan pimpinan KPK diperkirakan takkan terganggu hanya akibat kriminalisasi. Demikian diungkapkan oleh anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Golkar Nudirman Munir saat menjadi pembicara dalam diskusi bertajuk KPK Se suatu Banget, di Jakarta, kemarin. Dia memaparkan, usulannya berdasarkan pada ramainya peristiwa ‘cecak-buaya’. Sepak terjang pemimpin KPK Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah pada awal masa kepemimpinan mereka dipandang nekat dengan mengobrak-abrik kasus-kasus di pusat kekuasaan. Akan tetapi, sejak kriminalisasi terhadap keduanya yang berujung pada pemberian deponir dari Kejaksaan Agung, performa itu menurun drastis. Kriminalisasi terhadap BibitChandra diduga kuat akibat

penyidikan kasus korupsi keduanya yang sudah menyasar kepada petinggi Polri dan pejabat pemerintahan. Mereka kemudian dijadikan tersangka dan ditahan atas kasus dugaan penyalahgunaan wewenang dalam mencekal Dirut PT Masaro Anggoro Widjojo, yang menjadi tersangka kasus korupsi. Hal yang lebih tragis terjadi kepada mantan Ketua KPK Antasari Azhar, yang telah dibui. Antasari diduga kuat merupakan korban kriminalisasi pihak yang gerah dengan terobosan penindakannya. Ia divonis 18 tahun penjara atas tuduhan keterlibatan dalam pembunuhan Direktur PT Rajawali Putra Banjaran Nasrudin Zulkarnaen. Nuansa kriminalisasi itu se makin nyata setelah munculnya rekomendasi Komisi Yu disial kepada Mahkamah Agung untuk menonpalukan tiga hakim sidang Antasari. KY mendeteksi adanya pelanggaran kode etik berupa pengabaian barang bukti penting di pengadilan yang dilakukan oleh tiga hakim PN Jaksel itu. Berdasarkan kasus-kasus

itu, Nudirman mengusulkan pimpinan KPK memiliki hak imunitas. “Makanya dalam perubahan UU KPK nanti, hak imunitas itu persyaratan mutlak. Tanpa itu, KPK akan limbung,” cetus mantan Wakil Ketua Badan Kehormatan DPR itu. Dia menilai, tanpa hak imunitas, KPK sulit menyentuh kasus-kasus korupsi di pusat kekuasaan negara serta menyeret unsur penegak hukum lain yang bermasalah, seperti kepolisian dan kejaksaan. “Mereka akan mudah diintervensi nanti. Jadi, tak ada alasan penolakan imunitas ini,” tegas Nudirman. Mantan anggota Tim Perumus RUU KPK Firman Jaya Daeli menimpali, hak imunitas untuk pimpinan KPK mesti memiliki batasan jelas. Jika kekebalan hukum itu terlalu luas, dikhawatirkan akan mencederai proses penegakan hukum. Ia menilai, pimpinan KPK pun suatu saat dapat melakukan pelanggaran etik atau bahkan pidana. Selain itu, tambahnya, dalam kewenangan pimpinan KPK

MI/M IRFAN

KPK SESUATU BANGET: Koordinator ICW Danang Widoyoko (kiri) memaparkan pendapatnya bersama pengamat politik Ikrar Nusa Bhakti (tengah) dan moderator saat berbicara dalam diskusi yang bertajuk KPK Sesuatu Banget, di kawasan Cikini, Jakarta, kemarin. saat ini sudah melekat hak imunitas terkait konteks tertentu. Seperti halnya anggota DPR yang tak dapat dituntut secara hukum atas pernyataan yang dikeluarkannya dalam persidangan. “Kalau dia (pimpinan KPK) nyolong ayam, ya tetep harus diproses,” selorohnya.

Pelemahan KPK Koordinator Badan Pekerja Indonesia Corruption Watch (ICW) Danang Widoyoko mencurigai usulan pemberian kekebalan hukum kepada pimpinan KPK sebagai bentuk lain pelemahan lembaga pemberantas korupsi itu melalui revisi UU. Baginya, sangat mungkin DPR

Sultan Terima SK Perpanjangan Jabatan SULTAN Hamengku Buwono X dan Sri Paduka Paku Alam IX menerima surat keputusan (SK) perpanjangan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, di kediaman Sultan, Keraton Kilen, Yogyakarta, kemarin. Dengan diterimanya SK perpanjangan masa jabatan itu, masa jabatan Sultan dan Sri Paduka sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DIY diperpanjang selama setahun ke depan. SK perpanjangan masa jabatan itu diserahkan Sekretaris Ditjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Ujang Sudirman, atas nama Presiden RI. Ujang mengatakan, penyerahan SK itu tidak memiliki hubungan dengan keputusan mengenai substansi pemba-

hasan Rancangan Undangundang (RUU) Keistimewaan Yogyakarta, termasuk soal opsi pemilihan atau penetapan jabatan gubernur DIY. “Keputusan penetapan atau tidak saat ini sedang dalam pembahasan. Namun, adanya SK itu akan menegaskan bahwa DIY jelas harus ada yang memimpin karena masa perpanjangan jabatan Sultan yang dua tahun sudah habis,” katanya. Sultan mengatakan, SK perpanjangan masa jabatan itu memberikan kepastian bahwa tidak akan ada kekosongan kepemimpinan di DIY. Jabatannya sebagai gubernur periode lalu akan berakhir hari ini (9/10). “Jadi, dengan turunnya SK

MI/USMAN ISKANDAR

Kita kan sudah sepakat di antara keinginan warga masyarakat Yogya. Aspirasinya telah diterima Bapak Presiden.” Sultan HB X Gubernur DIY

tersebut tidak ada kekosongan dalam pemerintahan di DIY,” tegas Sultan Ia berharap, dengan perpanjangan masa tugas selama setahun itu, pemerintah dan DPR dapat memenuhi kewajiban menyelesaikan RUU Keistimewaan DIY sebelum masa perpanjangan berakhir. “Perpanjangan ini sesuai dengan harapan saya. Perpanjangan satu tahun,” ujar Sultan ketika memberikan penjelasan usai menerima SK perpanjangan masa tugas. Dia meyakini pembahasan RUU Keistimewaan Yogyakarta dapat selesai tepat waktu, asalkan tidak ada usaha untuk mendelegitimasi. “Kita kan sudah sepa kat di antara keinginan warga

masyarakat Yogya. Aspirasinya telah diterima Bapak Presiden,” ungkapnya. Menurutnya, Menteri Dalam Negeri telah menyampaikan aspirasi masyarakat Yogyakarta ke Panja RUU Keistimewaan DIY di DPR. Karena itulah, dia berharap, mulai ke depannya DPR tinggal membahas masalah pertanahan dan sebagainya. Adapun pemilihan dan penetapan pengangkatan gubernur dan wakil gubernur sudah jelas sesuai dengan keinginan rakyat. Dua tahun yang lalu, Sultan dan Paku Alam juga pernah mendapat SK perpanjangan jabatan selama dua tahun, yang berakhir 9 Oktober 2011. (AT/ Ant/P-4)

Hukum tidak Ditegakkan, Kegaduhan Sosial Terjadi TANPA ada kepemimpinan yang kuat yang mampu menciptakan tertib sipil alias social order, sulit membangun kemandirian ekonomi. Hal itu diutarakan mantan Wakil Presiden M Jusuf Kalla dalam Orasi Akademik Doktor Kehormatan di Universitas Brawijaya, Malang, kemarin. Pada kesempatan itu, hadir Rektor Universitas Brawijaya Yogi Sugito dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Gagas Rianto serta sivitas akademika Unibraw. Ini merupakan gelar doktor kehormatan kelima yang diterima Kalla sesudah Universiti Malaya (Malaysia), University Waseda (Jepang), Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, dan Universitas Hasanuddin Makassar. “Ketika hukum tidak ditegakkan, terjadi social disorder atau kegaduhan sosial,” ujar Kalla. Kepemimpinan yang kuatlah, kata dia, yang diperlukan untuk melanjutkan pembangun an ekonomi. Karena itu, diperlukan keteladanan dari pemimpin, khususnya elite nasional dalam menyelesaikan berbagai soal. “Kekacauan yang terjadi saat ini bahkan hingga RT/RW akibat mereka mencontoh perilaku di atas,” ujar mantan Ketua

Umum partai Golkar itu. Radikalisme serta demonstrasi yang terjadi di sejumlah daerah, Kalla mencontohkan, lebih disebabkan masyarakatnya tidak mendapatkan keadilan, baik di bidang hukum dan ekonomi. Padahal, sebagai bangsa dengan potensi besar, dia mengingatkan, sudah saat-

nya Indonesia membangun kemandirian. “Saya melihat dan bahkan mengalami sendiri sesungguhnya kita memiliki kemampuan dan kapasitas untuk mewujudkan kemandirian itu,” paparnya. Sejumlah produk, ungkap dia, mampu dirancang dan

dibangun dari tangan sendiri. Seperti Bandara Kuala Namu Medan, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, serta panser buatan PT Pindad. Soal kemandirian ekonomi, kata Kalla, juga sangat terkait dengan semangat untuk lebih mempercayai dan memprioritaskan produk-produk dalam

negeri. Satu hal lagi, lanjutnya, harus ada perubahan paradigma agar bangsa Indonesia tidak hanya senang menjual bahan baku atau bahan mentah, tetapi mampu mengolah menjadi nilai tambah di dalam negeri, serta bersaing di pasar global. (Wis/BN/P-4)

DOKTOR KEHORMATAN KELIMA: Mantan

ANTARA/HO/STAF JK

Wapres Jusuf Kalla menerima gelar doktor kehormatan dari Rektor Universitas Brawijaya Malang, Yogi Sugito (kanan), di Malang, Jawa Timur, kemarin. Gelar doktor ini merupakan gelar yang kelima diterima Ketua Umum PMI ini.

menawarkan kekebalan kepada KPK dan sebagai gantinya ada pelucutan kewenangan yang jauh lebih banyak. “Saya khawatir. Semangat Pak Nudirman bagus, tapi kita enggak tahu gimana semangat teman-teman (dewan) di belakangnya. Bisa jadi arahnya kepada pembubaran KPK.”

Indikasinya, sambung dia, dapat dilihat dalam kasus cek pelawat yang menyeret kader Partai Golkar Paskah Suzetta. Ketika itu, Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso serta-merta melontarkan ide pembubaran KPK. (*/P-4) ratna@mediaindonesia.com

DINAMIKA Capim KPK Harus Berani Selesaikan Kasus Century ANGGOTA Komisi III DPR dari Fraksi Golkar Nudirman Munir mengatakan fraksinya telah mengantongi tiga nama yang dinilai berpotensi menjadi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi. Tiga nama tersebut yakni Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Yunus Husein, advokat Bambang Widjojanto, dan penasihat KPK Abdullah Hehamahua. “Yang lain belum bisa kita nilai sekarang,” ujar Nudirman saat ditemui pada acara diskusi bertajuk KPK Sesuatu Banget di kawasan Cikini, Jakarta, kemarin. Namun, urutan atau penilaian Golkar tersebut bisa saja berubah saat proses uji kepatutan dan kelayakan yang direncanakan digelar pekan depan. “Kalau ada kesungguhan menyelesaikan Century, itu ada penilaian tersendiri. Lalu, menyelesaikan kasus mafia pajak, mafia anggaran, rekening gendut Polri, itu juga jadi tolok ukur fraksi kita. Jika calon-calon memenuhi kriteria dari tolok ukur kita, bukan tak mungkin lagi terpilih jadi pimpinan KPK,” tandasnya. (*/P-4)

Ratusan Orang Lakukan Aksi Damai Tolak Radikalisme RATUSAN orang dari sejumlah kelompok masyarakat melakukan aksi damai di Bundaran HI, Jakarta, kemarin. Mereka menyikapi fenomena aksi terorisme di Indonesia dan memperingati tragedi bom Bali. Mereka pun mengajak semua lapisan masyarakat untuk ikut dalam penggalangan ‘Tanda Tangan Terpanjang Menentang Kekerasan di Atas Kain Kafan’. Tanda tangan tersebut nantinya digunakan untuk pemecahan Royal World of Record. Menurut Ketua Umum Lazuardi Birru Dhyah Madya Ruth, aksi pengumpulan tanda tangan bakal dilakukan di dua kota, yaitu Jakarta dan Bali. Pihaknya bekerja sama dengan sejumlah orang dan kelompok seperti Nasir Abas, Asosiasi Korban Bom Terorisme di Indonesia (Askobi), Forum Komunikasi Eks Afghanistan, Damien Dematra, Eks Geng Coker Ambon, Pong Hardjatmo, SMAN 6 Jakarta, dan SMUN 1 Denpasar. Dhyah mengatakan, fenomena aksi kekerasan dan terorisme di Indonesia sudah dalam taraf mengkhawatirkan. Apalagi, aksi teror yang sebelumnya dilakukan di tempat yang merepresentasikan kepentingan Barat dan tempat ibadah saat ini mulai merambah ke perumahan. (Che/P-4)


4

U MUM

MINGGU, 9 OKTOBER 2011

Nobel Perdamaian untuk Ibu Muda

D

IA baru berusia 32 tahun, tetapi perannya sebagai pegiat hak asasi manusia dan pentolan gerakan antipemerintah di Yaman membuatnya terkenal hingga ke mancanegara. Nama ibu dengan tiga anak ini ialah Tawakkul Karman. Bersama Presiden Liberia, Ellen Johnson Sirleaf, dan aktivis perdamaian Liberia Leymah Gbowee, dia dianugerahi Nobel Perdamaian pada Jumat (7/10) lalu. Fakta bahwa ketiganya ialah perempuan pertama yang meraih Nobel Perdamaian sejak 2004 jelas menunjukkan emansipasi perempuan menjadi pesan utama yang ingin disampaikan Komite Nobel. “Kita tidak bisa mencapai demokrasi dan perdamaian sejati di dunia, kecuali perempuan memperoleh kesempatan yang sama seperti pria dalam memengaruhi pembangunan di semua lapisan masyarakat,” tutur pernyataan Komite Nobel. Khusus bagi Karman, raihannya mengundang simpati terhadap peran perempuan di dunia Arab. “Ini merupakan kemenangan bagi orang Arab di seluruh dunia,” kata Karman. “Ini akan mengakhiri kediktatoran Ali Abdullah Saleh (Presiden Yaman),” tambah perempuan yang dijuluki ‘Ibu Revolusi’ itu. Namun, tidak sedikit yang meragukan kemampuannya karena ia merupakan anggota Partai Islah, kekuatan politik dominan di Yaman. Ia pun dipandang terlalu dominan dan egois. Pula pengaruhnya kian surut dalam beberapa bulan terakhir.

AP/HANI MOHAMMED

IKUT BERDEMONSTRASI: Aktivis Tawakkul Karman meneriakkan slogan antipemerintah saat ikut berdemostrasi di Sana’a, Yaman, pada 10 Februari 2011. Tawakkul Karman merupakan ibu muda dengan tiga anak yang memenangi Nobel Perdamaian 2011.

Di tempat terpisah, Kapolda DIY Brigjen Tjuk Basuki menegaskan terjadinya ledakan itu bukan dari peledak atau molotov, sebab ada kebakaran yang memicu terjadinya ledakan pada layar atau tabung layar mesin ATM. Dia memerinci, BA yang menyebarkan selebaran berisi ajakan untuk mengikuti tindakan mereka, sedangkan RR yang identitasnya tertinggal di TKP yang membuat selebaran dan memerintahkan pembakaran. Adapun seorang perempuan, berinisial S, atau sering dipanggil Sansan yang juga pacar BA, yang merencanakan aksi pengambilan uang di ATM dengan cara membakar, bukan membongkar atau membawa mesin ATM. “Eksekutornya, KL, yang masih buron, berada di ruangan ATM sehingga mengalami luka bakar. Kami sudah menghubungi sejumlah rumah sakit namun belum ada laporan. Kita masih buru dia,” ujar Basuki. (AU/Bob/*/N-4)

BUNGA dari Presiden Yudhoyono dan Wapres Boediono serta sejumlah pejabat teras lainnya dikirimkan kepada keluarga mantan Menteri Sekre taris Negara Moerdiono, 77, sebagai ungkapan bela sungkawa. Bunga-bunga itu kemudian diletakkan di dekat pintu Taman Makam Pahlawan Kalibata. Moerdiono dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Sabtu (8/10) sore, dengan diantar sanak saudara, sejumlah pejabat tinggi negara, dan mantan petinggi negeri ini. Upacara pemakaman dipimpin inspektur upacara Menteri Sekretaris Kabinet Sudi Silalahi. Tiga istri almarhum, yakni Mariyati, Machica Mochtar, dan Poppy Darsono, hadir dan mengantar Moerdiono ke peristirahatan terakhirnya. Dari penikahannya dengan Maryati, Moerdiono dikaruniai empat anak, yaitu Ninuk Mardiana, Pambudy Novianto Prakoso, Indrawan Budi Prasetyo, dan Baroto Joko Nugroho. Pada pemakaman itu hadir pula Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie,

serta putri almarhum mantan Presiden Soeharto Mamiek Soeharto dan Titiek Soeharto. Selain itu hadir pula Camelia Malik, Emil Salim, Jimly Asshiddiqie, Sofjan Wanandi, dan Fadel Muhammad. Prabowo Subianto yang ditemui di TMP Kalibata mengatakan Moerdiono seorang yang sederhana. “Bagi saya Pak Moer adalah seorang negarawan, seorang yang sangat peduli, dan sangat konsen pada lestarinya Pancasila dan UUD 45,” kata Prabowo. Senada dengannya, mantan Kepala Badan Intelijen Negara AM Hendropriyono mengatakan Moerdiono adalah orang yang cerdas dengan daya ingat yang kuat. Pribadi Moerdiono, menurut Hendro, humoris dan mudah bergaul. Di mata mantan Wapres M Jusuf Kalla, sosok almarhum Moerdiono adalah birokrat yang sangat teliti. “Pertama, tentu saya turut belasungkawa kepada keluarga. Bagi saya Pak Moer seorang birokrat, pejabat negara yang sangat teliti dan bekerja luar biasa,” kata Kalla di Malang, Sabtu (8/10). (*/ Wis/Che/J-3)

MI/ADAM DWI

PEMAKAMAN MOERDIONO: Jenazah mantan Menteri Sekretaris Negara era Orde Baru, Moerdiono, 77, tiba di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, kemarin.

Pasukan NTC Gempur Kota Sirte

Pembakaran ATM hanya Cari Perhatian POLISI menahan dua orang terkait dengan teror pembakaran mesin anjungan tunai mandiri (ATM) BRI di Jalan Gejayan, Depok, Sleman, Yogyakarta. Mereka tergabung dalam kelompok Narko Punk. Teror yang mereka lakukan sebagai bentuk prinsip antikapitalisme. “Kita sudah menangkap dua orang, berinisial RR dan BA. Mereka menamakan dirinya adalah kelompok Narko Punk,” ujar Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Anton Bachrul Alam, di Mabes Polri, Jakarta, kemarin. Menurut dia, mereka ingin d i p e rh a t i k a n d a n p a h a m antikapitalis tersebut didengar. Oleh karena itu, mereka melakukan pembakaran sebagai bentuk protes atas kapitalisme yang dinilai semakin merajalela. “Nanti kalau sudah kita dapatkan semuanya, baru kita tahu maksud dan tujuannya. Tapi yang jelas sementara itu. Mereka memprotes, mereka antikapitalis,” tukas Anton.

Meski demikian, kekukuhan sikap Karman tidak disangsikan. Secara pribadi, Karman memutuskan untuk melepaskan cadar dan mengejutkan banyak koleganya tiga tahun lalu. Dia juga keras menentang stereotip perempuan di kancah politik. Ia berbicara dengan suara melengking dan bersemangat ketika membela pandangannya tentang revolusi Yaman. Lalu, tidak seperti tokoh-tokoh oposisi lainnya, ia berani mengkritik Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh secara frontal. Karier politik Karman berawal saat ia bergabung dengan lembaga advokasi Women Journalists without Chains di 2005. Pada 2007, ia mulai duduk di kursi parlemen dan kabinet Yaman. Selama berkiprah di dunia politik, Karman menyerukan kebebasan pers yang lebih besar dan pengobatan yang lebih manusiawi bagi kelompok yang terpinggirkan. Karman mendapat pengakuan nasional ketika ia turun ke jalan pada Januari lalu dengan beberapa lusin orang muda menuntut pengunduran diri Presiden Saleh. Ia pun ditangkap. Namun, penangkapannya tersebut menjadi bumerang bagi pemerintah karena dia mampu menarik massa yang jauh lebih besar. Gelombang unjuk rasa itu ialah awal dari pemberontakan di Yaman. “Martin Luther King telah mengilhami saya karena dia melakukan perubahan dengan cara damai,” ucap Karman yang memakai kerudung bercorak bunga. (*/NY Times/I-5)

Tiga Istri Antarkan Moerdiono

Komandan operasi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Libia yakin pasukan loyalis Khadafi di Sirte berada di ambang kekalahan. RIZKI SYARIEF

A

RTILERI berat dari pasukan pemerintahan transisi Libia (NTC) kembali menggempur Sirte, kota kelahiran Moamar Khadafi, kemarin. Para pejuang yang selama beberapa pekan telah menunggu di tepi kota tersebut mengatakan serangan terhadap loyalis Khadafi sudah memasuki tahap final dan sangat menentukan.

Komandan pasukan NTC Mustafa Al-Ameen mengatakan perlawanan loyalis Khadafi masih sengit. “Pasukan kami telah berhasil masuk ke Sirte, tapi kami tidak bisa masuk lebih jauh karena penembak jitu,” ucapnya. Dalam serangan tersebut, asap hitam tampak membubung di atas Sirte akibat gempuran pasukan NTC yang menembakkan rudal ke pusat kota dari posisi mereka di timur kota. Namun, pasukan loyalis Khadafi mengerahkan sejumlah penembak jitu dan menggunakan senjata pelontar granat guna mencegah pasukan NTC memasuki pusat kota. Di dalam kota sendiri, para pejuang NTC mengaku dipukul mundur oleh loyalis Khadafi seusai pertempuran antargedung. Akibat pertempuran tersebut, ribuan warga sipil terpaksa keluar Sirte. Seorang

Situasi ini dapat berakhir dengan cara meletakkan landasan bagi rekonsiliasi nasional.” Ian Martin Utusan PBB untuk Libia warga mengaku tidak tahan dengan bau busuk mayat yang bergelimpangan. “Tadi malam (Jumat, 7/10) ada pengeboman besar-besaran dan penembakan secara acak. Sangat sulit bagi kami untuk melarikan diri. Kondisi yang tragis. Anda bisa mencium bau mayat membusuk,” kata seorang warga Sirte, Abdel Nasser. Di sebuah tenda medis di luar Sirte, dokter bedah Nuri Al-Naeri mengatakan 12 orang tewas dan 139 lainnya terluka akibat pertempuran yang terjadi di sisi barat kota. “Banyak

korban terluka karena para penembak jitu,” ujarnya. Kondisi itu membuat utusan senior Perserikatan BangsaBangsa (PBB) untuk Libia, Ian Martin, mendesak pejuang NTC untuk tidak melakukan tindakan balasan terhadap pasukan pro-Khadafi di Sirte. “Kami mengungkapkan perhatian internasional bahwa situasi ini dapat berakhir dengan cara meletakkan landasan bagi rekonsiliasi nasional daripada memperburuk masalah yang akan dihadapi pemerintahan baru,” kata Martin. Nasib Khadafi Secara terpisah, komandan operasi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Libia yakin pasukan loyalis Khadafi di Sirte berada di ambang kekalahan. Hal itu disampaikannya kepada Menteri Pertahanan Amerika Serikat Leon Panetta

saat dia mengunjungi pangkalan militer AS di Naples, Italia. Seperti ditirukan seorang pejabat Kementerian Pertahanan AS, Panetta diberi tahu tentang status operasi udara dan laut untuk melindungi warga sipil dari serangan loyalis Khadafi. Pejabat tersebut menambahkan, dalam pertemuan yang berlangsung tertutup itu, komandan NATO menyampaikan kepada Panneta bahwa hingga saat ini keberadaan Khadafi belum diketahui. Meski demikian, pemimpin terguling Libia itu sudah tidak memiliki komando nasional yang efektif atas milisi yang mendukungnya. “Semua pihak memahami bahwa konflik di Libia akan memasuki tahap baru dalam waktu dekat,” tukas pejabat tersebut. (*/Reuters/I-5) rizki@mediaindonesia.com

Digodok, Formulasi Baru Penerima BBM Bersubsidi

RUMGAPRES/ABROR

SAKSI AKAD NIKAH: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (kedua dari kanan) menyaksikan pasangan Futri Zulya Savitri dan Ahmad Mumtaz Rais saling memakaikan cincin pernikahan, seusai akad nikah di Jakarta, kemarin.

PEMERINTAH belum kunjung menuntaskan formulasi baru penerima subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang lebih tepat sasaran. Padahal, itu diperlukan guna mengatasi lonjakan konsumsi BBM bersubsidi yang setiap tahunnya selalu melampaui kuota. Direktur Pembina Usaha Hilir Migas Kementerian ESDM Saryono Hadiwidjoyo mengatakan pemerintah masih menyusun formulasi baru tersebut. “Dalam waktu dekat ini diharapkan penyusunan formulasinya bisa segera tuntas,” janjinya dalam diskusi bersama media di Jakarta, kemarin.

Saryono menjelaskan, berdasarkan kondisi BBM bersubsidi pada 2010, kuota premium mencapai 60%. “Sektor pengguna terbesar ialah transportasi darat 89%, rumah tangga 6%, transportasi lainnya 1%, usaha kecil dan perikanan masingmasing 1% dan 3%.” Menurutnya, dengan formulasi baru yang diharapkan lebih tepat sasaran, ada kemungkinan persentase itu berubah. Dia mencontohkan, target pengguna untuk premium ialah pembangkit listrik/genset yang digunakan sendiri di daerah yang belum teraliri listrik. Selain itu, juga usaha kecil

dan mikro untuk mesin-mesin perkakas yang motor penggeraknya menggunakan premium untuk keperluan usaha. Sasaran penerima BBM bersubsidi lainnya ialah untuk kebutuhan motor tempel dan genset bagi nelayan kecil dan pembudi daya ikan skala kecil. Sementara itu, target pengguna untuk minyak tanah dan minyak solar ialah usaha kecil dan mikro dan kelompok tani yang membutuhkan. Ia mengakui pemerintah saat ini masih punya keterbatasan dalam pengaturan konsumsi BBM bersubsidi lantaran tidak punya regulasi yang mengikat.

Kebijakan yang ada masih sebatas imbauan. Adapun dalam Peraturan Presiden No 55/2005, jelasnya, penerima BBM bersubsidi ialah segala bentuk sarana transportasi darat dan laut, baik milik pemerintah, swasta, maupun pribadi. Dengan demikian, masyarakat golongan menengah atas pun bisa ikut menikmati subsidi. Terkait dengan uji coba radio frequency identification (RFID) untuk pengaturan BBM bersubsidi, ia mengatakan uji coba akan dilakukan lagi terhadap 250 kendaraan umum pada Oktober 2011 ini. (Ant/ML/E-3)


J EDA Komedi Cerdas di Tengah Masyarakat yang Galau

MINGGU, 9 OKTOBER 2011

Komedi pintar dapat membuka cakrawala berpikir masyarakat yang dewasa dan berbudaya. IWAN KURNIAWAN

“B

ELAKANGAN ini, kita baca di koran, lihat di televisi, dan lihat di internet, Indonesia masuk salah satu negara terkorup di dunia. Akhirnya, Indonesia punya prestasi di tingkat internasional. Berarti, kebanyakan orang Indonesia enggak jujur.” Sepenggal kisah komedi tersebut dipentaskan Ramon P Tommybens. Sebuah kritik sosial lewat stand up comedy dengan bahasa penuh lelucon. Ia menjiwai setiap adegan saat beraksi di panggung. Penampilan perlente, bahasa lugas, dan mimik humoris yang melekat pada diri Ramon selalu membuat tamu di Comedy Cafe, Kemang, Jakarta, merasa betah untuk berlamalama menikmati suasana kafe. Pendiri Indonesia Stand Up Comedy (ISC) itu mengatakan perkembangan stand up comedy di Indonesia telah berlangsung sejak 1997-an. Namun, baru mendapatkan tempat di masyarakat setahun terakhir ini. “Sebenarnya ini adalah cara melawak dengan bahan-bahan dari diri sendiri secara cerdas. Ini bisa saja pengalaman pribadi, pendapat pribadi, dan pengalaman orang lain,” ujar lelaki yang sempat mengecap kuliah di Universitas Koln, Jerman, itu. Di Comedy Cafe sendiri, Ramon melakukan sebuah sesi open mic setiap Rabu malam. Open mic yaitu memberikan kesempatan kepada tamu untuk ikut terlibat melakukan stand up comedy. “Kafe seperti ini banyak di Amerika dan Eropa. Tukul Arwana pun pernah jadi tukang nyapu-nyapu dan sempat mengecap stand up comedy di sini,” ungkapnya. Komedi telah menjadi sebuah kebutuhan masyarakat di tengah ketegangan, kejenuhan, serta kegalauan dalam hidup. Tertawa dapat membuat hati menjadi tenang sehingga bisa melupakan sejenak rutinitas. Boleh saja stand up comedy terbilang

fenomena baru di tengah masyarakat Indonesia. Komedi ini merupakan sebuah acara komedi tunggal (one man show). Di sini, sang komedian atau biasa disebut dengan comic menyampaikan lelucon melalui monolog. “Sebenarnya bukan baru benar. Karena dulu zaman kita, Warkop sudah melakukannya. Terus ada Krisbiantoro. Juga karena berangkatnya dari folklore sebelumnya ada beberapa seperti Basio, dan lainnya,” kata pelawak Indro Warkop, juri di ajang Stand up Comedy yang digelar Kompas TV. Lelucon itu bukanlah semacam joke telling, melainkan penceritaan kembali dari fenomena, kejadian, dan isu sosial yang terjadi di sekitar masyarakat dengan disertai bumbu komedi. Perkembangan stand up comedy di Indonesia mulai berkembang pesat. Terutama, melalui Youtube. Para

Banyak orang salah kaprah dengan stand up comedy. Sebenarnya, ini adalah cara melawak dengan bahan-bahan dari diri sendiri secara cerdas.” comic yang fokus dengan program ini selain Ramon Tommybens, ada Soleh Solihun, Raditya Dika, Pandji Pragiwaksono, Wenaldi, serta Asep Suadji. Merekalah yang mengembangkan genre komedi ini. Ramon mengungkapkan, stand up comedy dapat menjadi sebuah profesi. Sekarang ini para comic mendapatkan bayaran Rp1 juta , bahkan ada yang dibayar Rp7 juta sekali pentas. Di Amerika dan Eropa, stand up comedy membawa isu ras, agama, bahkan anggota pemerintahan seperti presiden dan menteri-menterinya. Banyak orang memilih program komedi tunggal sebagai upaya untuk melepas kepenatan serta kegalauan saat melihat kondisi sosial dan politik bangsa yang kian karut-marut. “Untuk Indonesia, kami menghindari isu ras dan agama. Ini sangat sensitif.” Ajakan politikus Sebagai sebuah bisnis yang sedang

menjamur, Ramon mengaku telah mendapatkan tawaran dari sederet politikus. Para politikus mengincar para comic untuk ikut menyukseskan kandidat tertentu pada Pemilu 2014. Ramon pun melakukan ancangancang. Apalagi, reputasi menjadi taruhan saat tampil di depan masa. “Saya kira, bayarannya harus tinggi. Ini juga menyangkut reputasi kami. Bila tak lucu, kami juga yang pasti disalahin,” cetusnya. Sementara itu, Wenaldi tergolong sebagai comic senior. Ia sudah tampil pada program acara Stand Up Comedy Show di Metro TV. Baginya, pengalaman sehari-hari telah menjadi inspirasi untuk ditampilkan lewat stand up comedy. “Paling sulit adalah 1 menit hingga 2 menit awal. Saya harus benar-benar menguasai panggung sehingga apa yang saya tampilkan bisa mengenai sasaran. Lelucon menjadi penting karena itu sasaran utama,” paparnya. Iwel, sapaan Wenaldi, mengaku keberadaan stand up comedy memiliki masa depan yang cemerlang di Indonesia. Apalagi, kelompok-kelompok komedi selalu menampilkan hal-hal yang sudah pernah dilakukan kelompok lawakan lainnya. “Keunikan di sini, seorang comic harus punya banyak wawasan. Saya sendiri selalu melakukan riset dan observasi sebelum tampil. Ini berguna agar joke yang dibawakan lebih cair.” Soleh Solihun yang juga wartawan di Majalah Rolling Stone juga menjadikan pengalaman sehari-hari sebagai joke-nya. Maklum, dalam pergaulan dia memang dikenal orang yang suka melucu ketika sedang berkumpul dengan teman-temannya. Baginya, penampilan santai dan bahasa yang intelektual menjadi ciri khas seorang comic. “Komedi ini kan untuk kalangan menengah ke atas. Pendidikan pun juga menjadi acuan karena ratarata adalah strata 1,” ucapnya. Menurutnya, bahan politik, misalnya, juga bisa menjadi acuan. Namun, ia tak begitu menyukai politik. “Bahan politik enggak saya masukan. Saya lebih mengangkat cerita sederhana, namun berbobot,” pungkas Soleh. (M-4)

5

MI/RAMDANI

DIMINATI: Beberapa adegan dalam Stand Up Comedy di studio Kompas TV, Kuningan, Jakarta, Rabu (5/10). Acara komedi jenis ini miweekend@mediaindonesia.com

belakangan disukai banyak orang karena merangsang penontonnya untuk berpikir.

Lucu sekaligus Mengajak Penonton Berpikir STAND up comedy kian booming, dimulai dengan banyaknya show-show di berbagai kafe serta bermunculannya para comic dan komunitaskomunitas yang marak di jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Antusiasme masyarakat yang kian tinggi menjadi momentum tersendiri bagi beberapa stasiun televisi. Salah satunya Metro TV, yang menayangkan Stand Up Comedy Show yang tayang tiap Kamis.“Idenya sendiri muncul sejak tahun lalu, namun momentumnya baru muncul

beberapa bulan lalu. Jadi kita langsung buat acara ini,” ungkap Agus Mulyadi, Manajer Produksi dan Kreatif Metro TV, Rabu (5/10). Agus memaparkan titik momentum tersebut hadir seusai bermunculannya beberapa minikonser stand up comedy, beberapa video yang booming di Youtube, dan para comic. Motor penggeraknya pun ternyata sebagian besar berasal dari kalangan anak muda yang membuat stand up comedy naik daun. Setiap show terdiri dari tiga comic

yang melakukan aksi stand up comedy dengan durasi 8 hingga 10 menit untuk setiap peserta. “Ratusan orang mendaftarkan diri untuk tampil di acara kami. Mereka berasal dari berbagai latar belakang, ada pengusaha, keamanan, dan lainnya,” paparnya. Penonton show di studio pun membludak. Menurut Agus, komedi jenis itu memiliki kekuatan tersendiri. Masyarakat dapat terhibur sekaligus diajak berpikir tentang materi-materi yang disampaikan comic. “Membuat

MI/RAMDANI

masyarakat yang menontonnya belajar lebih dewasa, tidak sensitif, dan berpikiran terbuka,” ujarnya. Selain itu, menurut dia, tingginya antusiasme masyarakat terhadap stand up comedy disebabkan titik kejenuhan pada tayangan komedi layar kaca yang itu-itu saja, penuh kelakar dan membuat tertawa tapi tidak mengajak penonton berpikir. Kejenuhan Kejenuhan masyarakat akan sajian tayangan komedi layar kaca yang

monoton juga ditangkap stasiun televisi lainnya, yakni Kompas TV. “Tayangan komedi saat ini ngestuck. Semua rata-rata sama, penuh dengan slap stick (lempar-lemparan barang), ejekan fisik. Memang membuat tertawa tapi tidak berkembang. Jangan semuanya itu, komedi harus beragam,” ungkap Indra Yudhistira, Direktur Produksi dan Program Kompas TV. Di acara ini mereka melibatkan juri yakni Butet Kartaredjasa, Indro Warkop dan Astrid Tiar. Maraknya stand up comedy di Indo-

nesia tak lepas dari peranan Ramon P Tommybens, pendiri Comedy Cafe. Kafe miliknya yang terletak di Jl Kemang, Jakarta Selatan, menjadi tempat para comic berkreasi. Kafe yang berdiri sejak 1997 itu selalu dikunjungi berbagai kalangan, mulai artis, komedian, hingga politikus ternama. “Sekarang kafe serupa ini juga sudah mulai didirikan di luar Jakarta, lo. Teman-teman juga sangat antusias karena ini menjadi sebuah tren yang saya kira cukup prospektif.” (SN/ Iwa/M-4)

MI/RAMDANI

MI/PANCA SYURKANI

Honor Menjanjikan ketimbang Kerja di Penjara TERJUNNYA Mongol, 33, di dunia stand up comedy diakuinya merupakan faktor kecelakaan. Sosok Mongol yang dikenal ramai dan humoris di kalangan teman sepermainan menjadi alasan kawannya mendaftarkan dia untuk tampil di stand up comedy di Comedy Cafe. “Teman iseng suruh ikut tampil di Comedy Cafe pada 20 Juli lalu. Ternyata sambutannya baik dan terus berlanjut hingga sekarang,”

ungkap pria bernama lengkap Rony Imannuel itu. Sejak saat itu, dirinya sering tampil di berbagai show di beberapa kafe di Jakarta, Bandung, dan kota lainnya. Ia pun menjadi anggota dari Indonesia Stand Up Comedy dan mengisi event setiap tiga bulanan.Dalam waktu dekat, dia akan tampil bersama seorang comic dari luar negeri. Namanya kian terkenal seusai tampil menjadi pengisi acara perdana

Stand Up Comedy Show di Metro TV. Ia menjadi orang tenar. Order untuk manggung pun berdatangan. Selain di Jakarta pada akhir Oktober, ia dadakan tampil di Surabaya. Menariknya, profesi keseharian pria berdarah Manado ini jauh dari kegiatan lawakan. Ternyata dia bekerja sebagai pemerhati rohani di salah satu penjara di Jakarta. Profesi tersebut sudah dijalaninya selama satu tahun, sebelumnya dia bekerja

sebagai karyawan swasta. Nama panggungnya pun menarik, yakni Mongol, yang merupakan nama panggilannya sejak kecil. Pria yang tinggal di Sunter, Jakarta Utara, itu berperawakan unik, yakni dengan mata sipit dan kulit hitam, mirip perawakan orang Mongol. “Bahkan perawakan saya bisa dijadikan materi menarik dan mengundang tawa,” ujarnya. Mongol memang dikenal kreatif

dalam setiap show-nya. Ia selalu mengimprovisasi materi yang terinspirasi pada penglihatannya ke lingkungan sekitar dan fenomena sosial di masyarakat. Contohnya, lawakan tentang wabah hilang telepon seluler di gereja, yang memang banyak menimpa masyarakat, dan fenomena sosial lainnya yang dikemas dengan menarik tanpa menyinggung SARA. Mongol hingga saat ini belum menyentuh materi yang berbau senti-

lan politik. Ia biasa menguji coba dulu setiap materi pada penampilannya di Comedy Cafe dan lebih menyukai tampil spontan tanpa catatan. Ia bisa memperoleh penghasilan yang lumayan dari profesi tersebut. Bayaran pada setiap show-nya sekitar Rp1,5 juta per 8 menit penampilan. Diakuinya, penghasilan dari setiap show tersebut bisa mencapai tiga kali lipat penghasilan dari profesinya di penjara. (SN/M-4)


6

S PORT

MINGGU, 9 OKTOBER 2011

Higuain Hattrick, Argentina Start Sempurna Bintang Inter Milan Diego Forlan gagal menjadi pencetak gol terbanyak bagi Uruguay. DENNY P SINAGA

G

ONZALO Higuain mencetak hattrick untuk mengantarkan Argentina melewati ujian pertamanya di kualifikasi Piala Dunia 2014 di Stadion Monumental Antonio Vespucio Liberti, Buenos Aires, kemarin. Tim Tango mengalahkan tamunya, Cile, 4-1. Lionel Messi melesakkan gol pertamanya di kompetisi resmi bagi Argentina dalam 2,5 tahun terakhir. Pertandingan baru berlangsung 7 menit saat Higuain mencetak gol pertama di laga. itu. Dia memanfaatkan umpan rekan setimnya di Real Madrid, Angel di Maria. Messi, yang terakhir kali mencetak gol di ajang resmi ke gawang Venezuela Maret 2009 lalu, mencetak gol kedua Argentina di menit ke-25.

Higuain mencetak gol keduanya, juga dengan memanfaatkan umpan Di Maria saat babak kedua sudah berlangsung 7 menit. Adapun gol ketiganya disarangkan di menit ke-63. Kala itu ia meneruskan operan pendek Messi. Satu-satunya gol balasan Cile dicetak Matias Fernandez pada menit ke-60. “Sangatlah penting bermain dengan benar, dan kami telah melakukannya,” ujar Higuain. “Saya senang kami mampu berbuat banyak hal malam ini. Selanjutnya kami tinggal mempertahankannya saja.” Pelatih Argentina Alejandro Sabella memuji penampilan anak-anak asuhnya. “Mereka bermain kompak. Penyelesaian di depan juga sangat bagus.” Start sempurna Pada laga lainnya, juara Copa America 2011 Uruguay

AP/VICTOR R CAIVANO

MOTOR KEMENANGAN: (Dari kiri) Lionel Messi, Angel di Maria, dan Gonzalo Higuain merayakan gol kedua Argentina ke gawang Cile di laga pembuka kualifikasi Piala Dunia 2014 di Buenos Aires, kemarin. Tim Tango menang 4-1. juga meraih poin sempurna dengan mengalahkan Bolivia 4-2 di Montevideo. Dengan Brasil yang telah lolos otomatis karena menjadi tuan rumah dan Argentina yang sedang membangun skuatnya, La Celeste menjadi favorit di kualifikasi piala dunia kali ini. Kondisi cuaca yang kurang mendukung membuat Uruguay yang bertindak sebagai tuan rumah tampil dengan fan yang sedikit di Stadion Centenario. Namun, hal itu tidak membuat pelatih Uruguay Oscar Tabarez kecewa. “Saya

APSNI Dibentuk untuk Payungi Seluruh Pemain GUNA mewadahi para pemain sepak bola Indonesia, Jumat (7/10) terbentuk Asosiasi Pemain Sepak Bola Nasional Indonesia (APSNI). APSNI lahir sebagai payung bagi seluruh pemain sepak bola yang berasal dari semua kasta kompetisi sepak bola Indonesia. Menurut penggagas APSNI Gatot Haryo Sutedjo, anggotanya tidak hanya pemain yang berasal dari tim nasional atau profesional. Yang amatir pun memiliki hak untuk menjadi anggota. “Kami ingin para pemain merasa terlindungi dan memiliki sebuah rumah yang pada intinya mereka dapat menjalankan pekerjaan dengan baik dan benar,” ujar GH Sutedjo, sapaan akrab Ketua Persija Timur itu.

Kami ingin para pemain merasa terlindungi dan memiliki sebuah rumah.” GH Sutedjo Penggagas APSNI Hal senada juga diutarakan penggagas APSNI lainnya, Irawadi D Hanafi. Mantan Bendahara PSSI di era Agum Gumelar itu menambahkan bahwa organisasi yang didirikannya tersebut tidak akan berbenturan dengan Asosiasi Pemain Sepak Bola Profesional Indonesia (APPI) yang lebih dulu hadir. “Kami memiliki porsi masing-masing. APSNI juga berusaha memiliki hak suara di

Kongres PSSI. Karena itu, sudah sesuai dengan Statuta PSSI dan FIFA,” ujarnya. Dalam acara itu, turut hadir pula para pemain nasional seperti Ismed Sofyan, Isnan Ali, Boby Satria, Hendro Kartiko, Leo Saputra, dan Jajang Mulyana. Selain para pemain yang masih aktif, APSNI juga mendapat dukungan dari para mantan pemain nasional yang juga hadir dalam pertemuan itu, di antaranya Frans Sinatra Huwae, Aun Harharah, Nasir Salasa, David Sulaksmono, Bambang Nurdiansyah, Robby Binur, dan Johanes Auri. Saat dibentuk, juga hadir para pengurus sepak bola dari seluruh Tanah Air, termasuk pengurus sekitar 30 klub yang ada di Indonesia. (*/R-4)

yakin kami lebih diunggulkan daripada lawan kami di setiap aspek dan kami menciptakan banyak peluang.” Uruguay sudah memimpin saat laga baru berlangsung 3 menit lewat striker Luis Suarez. Juara 1930 dan 1950 itu sempat dikejutkan gol Rudy Cardozo di menit ke-17 yang menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Uruguay kemudian unggul di menit ke-25 lewat sundulan kapten Diego Lugano. Sebelum babak pertama berakhir, Edinson Cavani memperbesar keunggulan La Celeste.

Lugano mencetak gol lagi di pertengahan babak kedua sebelum Bolivia memperkecil ketinggalan lewat gol Marcelo Martins dari titik putih. Bintang Inter Milan Forlan membutuhkan satu gol untuk menjadi pencetak gol terbanyak bagi timnas Uruguay. Namun, kesempatan itu belum ada saat menjamu Bolivia. Di pertandingan lainnya, Ekuador menang 2-0 atas Venezuela. Peru juga mengalahkan Paraguay 2-0. (Rtr/AP/R-3) denny@mediaindonesia.com

Kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona CONMEBOL (Amerika Latin) NO. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9.

KLUB ARGENTINA URUGUAY EKUADOR PERU KOLOMBIA BOLIVIA VENEZUELA PARAGUAY CILE

MAIN MENANG SERI KALAH 1 1 1 1 0 1 1 1 1

1 1 1 1 0 0 0 0 0

0 0 0 0 0 0 0 0 0

0 0 0 0 0 1 1 1 1

GOL

NILAI

4-1 4-2 2-0 2-0 0-0 2-4 0-2 0-2 1-4

3 3 3 3 0 0 0 0 0

Hasil Uruguay 4 (Suarez 3’, Lugano 25’, 71’, Cavani 34’) - Bolivia 2 (Cardozo 17’, Martins 87’-pen), Ekuador 2 (Ayovi 14’, Benitez 27’) - Venezuela 0, Argentina 4 (Higuain 8’, 52’, 63’, Messi 26’) - Cile 1 (Fernandez 59’), Peru 2 (Guerrero 47’, 73’) - Paraguay 0

Inggris Pastikan Tiket Euro 2012 INGGRIS akhirnya memastikan tiket ke putaran final Euro 2012. The Three Lions datang ke Podgorica, Montenegro, untuk memastikan satu poin saja untuk lolos. Inggris sudah unggul 2-0 saat pertandingan berlangsung 31 menit lewat jasa Ashley Young di menit ke-11 dan Darren Bent (31). Babak pertama berakhir 1-2 setelah tuan rumah memperkecil ketinggalan lewat aksi Elsad Zverotic. Kegigihan Montenegro, yang berpeluang lolos jika menang, nyaris membuahkan hasil ketika pemain the Brave Falcons Andrija Delibasic menyamakan kedudukan di menit ke-88. Waktu yang tersisa ternyata tidak cukup bagi Montenegro untuk memenangi laga. Laga malam itu juga diwarnai dengan diusirnya Wayne Rooney di menit ke-74 karena menendang pemain Montenegro, Miodrag Dzudovic. “Ini

mengejutkan saya karena dia menendang pemain lain di

depan saya. Saya rasa kartu merah wajar diberikan,” ujar

AP/DARKO BANDIC

DIUSIR: Striker Inggris Wayne Rooney mendapat kartu merah saat timnya berhadapan dengan Montenegro di kualifikasi Euro 2012, kemarin.

arsitek Inggris Fabio Capello. Akibat aksinya itu, Rooney dipastikan akan diskors setidaknya satu laga. Skors itu bisa jadi diberlakukan pada laga perdana Inggris di putaran final tahun depan. Tujuh dari 16 tim telah mendapat tempat di Polandia/ Ukraina. Dua di antara tujuh itu ialah tuan rumah Polandia dan Ukraina. Hingga jelang pekan terakhir kualifikasi, baru lima negara yang memastikan lolos dari 10 tiket otomatis yang diperebutkan. Lima negara itu ialah Jerman, Spanyol, Belanda, Italia, dan Inggris. Lima tiket lagi akan diperebutkan pada Selasa (11/10). Rusia yang memimpin Grup B, Prancis (Grup D), Yunani (Grup F), dan Portugal (Grup H) harus berjuang hingga akhir kualifikasi untuk memastikan t i k e t . ( Ya n / Rtr/R-3)

KISI KISI Neymar Selamatkan Muka Brasil

Robben Sukses Jalani Operasi Otot

NEYMAR menyelamatkan muka tuan rumah Piala Dunia 2014 Brasil dalam laga persahabatan dengan Kosta Rika kemarin. Gol Neymar di menit ke-60 itu menjadi satu-satunya gol dalam laga yang berlangsung di Stadion Nacional di San Jose, Kosta Rika. “Itu ialah pertandingan yang ketat. Kosta Rika tidak berbuat kesalahan sama sekali, tetapi kami tahu bagaimana mengatasi masalah demikian untuk memetik kemenangan,” ujar bintang Santos ini. Bagi pemain berusia 19 tahun itu, gol ini merupakan yang kedelapan dalam 14 kali membela Brasil. Di laga itu, Kosta Rika harus bermain dengan 10 pemain setelah Heiner Mora yang melanggar Jonas mendapat kartu merah saat laga tinggal 6 menit. Bek Manchester United Fabio memulai debutnya bagi Brasil sebagai bek kanan. Dia ditarik di menit ke-55 dan digantikan Daniel Alves. (*/R-4)

PEMAIN sayap Bayern Muenchen asal Belanda Arjen Robben sukses menjalani operasi otot, demikian dipastikan klub Jerman tersebut Jumat (kemarin WIB). Robben sempat frustrasi setelah dia dikabarkan dicoret dari daftar skuat Belanda untuk pertandingan kualifikasi Euro 2012 karena cederanya itu. Setelah melakukan konsultasi panjang dengan staf medis Bayern, Kamis (6/10), pemain itu akhirnya disarankan untuk menjalani operasi. Bayern mengatakan Robben akan kembali latihan. “Saya sempat khawatir, saya tidak tahu di mana letak cedera saya dan itu membuat saya frustrasi,” kata Robben. “Ini cedera komplikasi, tak seorang pun bisa menjelaskan apa yang harus saya lakukan,” tambahnya. Robben sudah absen di beberapa pertandingan untuk Muenchen musim ini karena masalah cederanya itu. (*/AP/R-4)


S PORT

MINGGU, 9 OKTOBER 2011

7

Vettel kian di Ambang Sejarah

REUTERS/LEE JAE-WON

Sebastian Vettel Pembalap Red Bull PEMBALAP Red Bull Racing Sebastian Vettel membuktikan sesumbarnya untuk tetap tampil ngotot pada balapan Grand Prix Formula Satu (F1) Jepang yang berlangsung hari ini. Itu bisa dilihat dari hasil sesi kualifikasi, kemarin. Dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Suzuka tersebut, Vettel berhasil merebut posisi start terdepan (pole position). Dengan posisi itu, peluang Vettel untuk memastikan gelar juara dunia lebih awal pun kian terbentang lebar.

Pasalnya, pembalap asal Jerman itu memang hanya butuh tambahan satu poin lagi untuk mempertahankan gelarnya. Alhasil, Vettel pun kian mendekati sejarah sebagai pembalap termuda yang mampu menjuarai F1 sebanyak dua kali. ‘’Terus terang, saya memang tidak menyangka bisa merebut pole position. Sebab, sepanjang sesi latihan bebas, mobil kami memang tidak cukup cepat. Karena itu, saya hanya berusaha melakukan yang terbaik.’’ ujar Vettel. ‘’Saya sendiri sebenarnya tidak terlalu memikirkan poin. Saya sudah belajar dari pengalaman di sesi latihan (pertama). Karena tidak fokus 100%, saya mengalami kecelakaan,’’ kata Vettel lagi. Saat ini, pembalap berjuluk the Babby Schumacher itu bertengger di posisi puncak klasemen dengan 309 poin, unggul 124 poin atas pembalap McLaren Jenson Button yang berada di posisi kedua. (AP/Rtr/Mln/R-4)

MI/SUSANTO

ALAMI KERUSAKAN: Pembalap Plan B Racing Team Jocye Luke terpaksa menggotong sepedanya yang rusak saat melintasi Jalan Raya Solo pada Etape VI lomba balap sepeda STdI 2011, kemarin. Pada etape berjarak 120 km dari Solo menuju Pacitan tersebut, pembalap Global Cycling Team Botman Wim finis di posisi pertama.

Venue Berkuda Siap Digunakan BERBEDA dengan beberapa cabang olahraga lainnya, cabang berkuda memastikan kesiapan mereka untuk menjadi tuan rumah di SEA Games XXVI mendatang. Penegasan tersebut disampaikan manajer venue Equestrian Federation of Indonesia (EFI) Setiana Sumiskun dalam acara jumpa pers di Jakarta, Jumat (7/10). Menurut Setiana, cabang berkuda relatif tidak ada masalah. Pasalnya, lapangan yang m e re k a

gunakan nanti di Arthayasa Stable, Depok, Jawa Barat, telah dilengkapi alat-alat lomba seperti halang rintang serta timer, bahkan telah dilakukan tes lapangan pula. ‘’Venue kami sangat siap untuk dipakai SEA Games, tes lapangan sudah dilakukan dan tidak ada masalah,’’ ujar Setiana. Pernyataan Setiana itu didukung oleh Sekjen EFI Rafiq Hakim Radinal. Menurut Rafiq, selain kesiapan lapangan, mereka juga telah menetapkan nama-nama atlet yang masuk tim inti cabang berkuda. Pada kesempatan yang sama, atlet nomor dressage Larasati Gading yang mewakili rekan-rekannya menyatakan akan berusaha menampilkan yang terbaik bagi bangsa. ‘’Kalau ditanya kesiap an, kami tentu sudah siap bersaing dengan atlet negara-negara lain.’’ kata Larasati. (Ant/Mln/R-4)

Matnur Selamatkan Indonesia Meski gagal finis di 10 besar dalam Etape VI lomba balap sepeda STdI 2011, Bambang Suryadi berhasil mempertahankan rompi Kuning. ASNI HARISMI

D

OMINASI pembalap Indonesia yang tergabung dalam Polygon Sweet Nice (PSN) di turnamen Speedy Tour d’Indonesia sedikit tercoreng. Dalam balapan Etape VI yang berlangsung dari Solo menuju Pacitan, kemarin, mereka gagal menempatkan satu pun pembalapnya di 10 besar. Padahal di etape sebelumnya, tim asal Surabaya itu tampak begitu perkasa dengan menempatkan dua pembalap mereka di urutan teratas. Beruntung PSN masih memiliki Matnur.

Pembalap kawakan itu setidaknya berhasil menyelamatkan muka pembalap lokal dari puasa gelar di etape berjarak 123,2 kilometer tersebut. Ia sukses naik podium untuk pertama kalinya dalam balapan tahun ini sebagai raja tanjakan (king of mountain) di kilometer 80,3 Wonogiri, Pacitan, Jawa Timur. Gelar ini sekaligus membuat PSN menjadi satu-satunya tim yang semua pembalapnya pernah naik podium dalam balapan kali ini. Empat pembalap PSN lainnya yang pernah naik podium sebelumnya ialah Jimmy Pranata, Bambang Suryadi, Dani Lesmana, dan Nandra Eko Wahyudi. ‘’Keberhasilan saya sebagai raja tanjakan ini saya persembahkan untuk membantu mempertahankan posisi tim dan Bambang (Suryadi) di klasemen,’’ ungkap Matnur selepas balapan. Untuk rompi polkadot sendiri masih dipegang Bambang (PSN) dengan 19 poin. Di posisi kedua, Dani Lesmana (PSN) 15 angka, disusul pembalap tim Hong Kong-China Yeung Ying Hon dengan poin 11.

Dalam sesi balapan dengan karakteristik lintasan sempit dan menanjak kemarin, Botman Wim dari Global Cycling Team berhasil finis terdepan dengan total waktu 2 jam 59 menit 37 detik. Di posisi berikutnya masing-masing ditempati Yeung Ying Hon (Hong Kong-China Team) dan Scholz Timo (Colossi) dengan catatan waktu sama 3:00:13, sedangkan mantan pemakai yellow jersey Shinichi Fukushima finis keempat dengan 3:00:18. “Tanjakan memang bukan keahlian saya, tapi saya memaksimalkan diri di turunan karena lintasan seperti itu yang menjadi favorit saya,” kata Wim.

Sementara itu, Christoph Springer mengintai di posisi tiga sementara dengan total waktu 19:10:03. Bambang sendiri mengakui bahwa lintasan yang naik-turun membuat dirinya kesulitan menerapkan strategi dan kecolongan beberapa kali. “Lintasan seperti ini menyulitkan saya. Rutenya yang banyak turunan ini mematikan

dan beberapa kali saya nyaris nyasar,” ungkap Bambang. Jalur Solo-Pacitan sepertinya memang kurang bersahabat dengan para pembalap Indonesia. Terbukti hanya Nunung Burhanudin (Putra Perjuangan) yang mampu finis teratas (posisi 6) dengan waktu 3:00:24. (R-3) asni@mediaindonesia.com

Pertahankan posisi Meski Bambang Suryadi (PSN) tidak berhasil finis di 10 besar, pembalap berusia 21 tahun itu tetap berhak memakai yellow jersey. Total waktu secara keseluruhannya kini ialah 19:09:36 atau hanya terpaut 17 detik dari runner-up sementara Eric Sheppard (Plan B Racing Team Australia) yang juga tak mampu menembus 10 besar kali ini.

LENSABISNIS

HUBUNGI KAMI BAGIAN IKLAN: 021 580 1480

Media Gathering Asmila Boutique Hotel

SPH Pertahankan Indonesia Green Awards

Halalbihalal Hotel Novotel Semarang

ASMILA Boutique Hotel, hotel berbintang empat di Jalan Dr Setiabudhi No 54, Bandung, mengadakan acara media gathering pada 25–26 September 2011. Acara yang dihadiri oleh sejumlah media cetak dan elektronik di Jakarta dan Bandung itu berlangsung cukup meriah. Dalam acara tersebut, As mila memperkenalkan konsep ramah lingkungan sebagai salah satu daya tarik hotel melalui nuansa green dan eco-friendly. Lokasinya cukup strategis, tepat di depan Rumah Mode Factory Outlet dan hanya berjarak 6 kilometer dari Bandara Husein Sastranegara. Ini menjadikan Hotel Asmila sebagai tujuan menginap pelancong-pelancong dari Jakarta dan sekitarnya. Tampak dalam gambar, General Manager Asmila Boutique Hotel Jamal Muhamad berfoto bersama manajemen dan rekan-rekan media.

FENOMENA hujan asam, gunung es mencair, dan ekosistem yang terganggu merupakan sebuah pertanda isu perubahan iklim dunia yang semakin memburuk. Berangkat dari fenomena itu, Surabaya Plaza Hotel (SPH) berkomitmen memberikan kontribusi kepada perbaikan iklim global. Hotel ini menjadi satu-satunya hotel yang 100% bebas rokok, mulai 1 Februari 2009. Upaya dan konsistensi akhirnya membawa SPH ke ajang penghargaan tingkat nasional Indonesia Green Awards (IGA) 2010. Penghargaan tersebut pun dapat dipertahankan kembali tahun ini, di Hotel Kempinski, Jakarta, Rabu (28/9). “Kami semakin serius menyikapi program green hotel. Bukan hanya memperbaiki sistem dan operasional hotel, tetapi juga membentuk green team,” kata Yusak Anshori, General Manager Surabaya Plaza Hotel.

MANAJEMEN Hotel Novotel Semarang berhalalbihalal ke beberapa tempat, di antaranya Kantor Wali Kota Semarang dan Poltabes Semarang, Senin (26/9). Kunjungan yang dipimpin langsung oleh General Manager Hotel Novotel Semarang Severine Krawec Ms beserta timnya bersilaturahim dengan Kapoltabes Semarang Elan Sumilan. Dalam silaturahim itu, kapoltabes menyambut hangat tim dan mengimbau agar hotel dan pihak kepolisian saling berkerja sama dan berkoordinasi dalam segala hal. Menanggapi kejadian di Solo beberapa waktu lalu, kapoltabes menyarankan untuk lebih memperketat pengamanan di hotel. Tim juga berkunjungan ke Kantor Wali Kota Semarang. Setali tiga uang, Wali Kota Semarang Sumarmo juga mengimbau pengelola hotel untuk tetap tenang menghadapi situasi apa pun.

Miss Universe 2011 Kunjungi Sheraton Mustika

Hotel Bidakara Pertahankan Status Bintang Empat

Margo Friday Jazz Hidupkan Depok

MISS Universe 2011, Leila Lopes datang ke Indonesia untuk menjalankan tugasnya, yaitu, mengenal kebudayaan negara lain. Indonesia merupakan negara pertama yang dikunjunginya atas kerja sama Miss Universe Foundation dan PT Mustika Ratu Tbk. Kunjungannya ke Yogyakarta pada 4-5 Oktober lalu ditemani oleh Putri Indonesia 2010 Nadine Alexandra, Putri Indonesia Lingkungan 2011 Reisa Kartikasari, bersama kontingen. Leila Lopes dibawa mengunjungi Candi Prambanan. Leila Lopez juga mengunjungi Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa, dan langsung disambut oleh GM Muhamad Munir, executive committee, department head, dan karyawan hotel. DR BRAy Mooryati Soedibyo berharap kedatangan Miss Universe akan dapat semakin meningkatkan daya tarik wisata di daerah tersebut.

TIM reklasifikasi yang terdiri dari Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan, Dinas Kebakaran, Dinas Ketenagakerjaan DKI Jakarta, dan PHRI telah meninjau ulang kelayakan Hotel Bidakara Jakarta, pada 15 September 2011. Setelah melalui sejumlah reklasifikasi, Hotel Bidakara Jakarta berhasil mempertahankan klasifikasi hotel bintang sebagai hotel bintang empat, yang sebelumnya telah ditetapkan pada 2007. Hal itu tentu terwujud berkat konsistensi Hotel Bidakara Jakarta yang tidak berhenti untuk terus meningkatkan mutu serta pelayanannya demi kepuasan konsumen. Tampak dalam gambar, General Manager Hotel Bidakara Jakarta, Made Setiary (keempat dari kiri) bersama tim reklasifikasi hotel bintang yang diketuai oleh Carla (kelima dari kiri).

ALUNAN musik jazz yang indah tentunya memiliki penggemar dan komunitasnya tersendiri. Bagi para pecinta musik jazz yang berada di daerah Depok dan sekitarnya, jangan lewatkan acara reguler Margo Friday Jazz. Anda akan menikmati musik jazz dan para pengunjung dapat memanfaatkan ajang tersebut untuk mempererat persahabatan dan juga berdiskusi tentang musik jazz. Terdapat beberapa musikus jazz kenamaan yang ambil bagian dalam acara itu, seperti Idang Rasidi, Yuyun George dan Benny Likumahuwa. Komunitas band Margo Friday Jazz juga selalu diundang untuk tampil di ajang musik jazz nasional maupun internasional. Margo Friday Jazz diadakan setiap Jumat pukul 20.00-23.30 WIB di The Old House Area, Margocity, Jalan Margonda Raya No 358, Depok.


8

G REEN CONCERN

MINGGU, 9 OKTOBER 2011

Kaus dari Botol Plastik, Keren dan Gaya

MI/PANCA SYURKANI

SIMULASI: Dari kiri: Subhan Rohiman, Andriyana Subhan dan Ryan Nurdiansyah melakukan simulasi lampu lalu lintas yang memadukan listrik dan energi matahari di laboratorium elektronika Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung.

Lampu Lalu Lintas Hijau dari Bandung Seorang dosen dan tiga mahasiswa asal Bandung menciptakan lampu lalu lintas yang tidak hanya hemat energi, tapi juga irit dan pintar. SISKA NURIFAH

L

AMPU setopan cerdas itu kini tengah dikembangkan Agus Mulyana, 30, Pembina Tim Riset Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung, Jawa Barat. Ia bersama tiga mahasiswanya, Andriyana Subhan, 22, Ryan Nurdiansyah 21, Subhan Rohiman, 22, melahirkan inovasi lampu lalu lintas hemat listrik dan ramah lingkungan yang mereka sebut Green Traffic Light. Ketika ditemui Media Indonesia di laboratorium elektronik kampus Unikom, pekan lalu, dosen teknik komputer itu mempraktikkan kerja lampu lalu lintas tersebut dalam bentuk demo sederhana dengan bantuan para mahasiswanya. Idenya berawal pada tahun lalu dengan survei ke beberapa lokasi perempatan lampu merah di Bandung, seperti di simpang Dago, Jalan Ahmad Yani, Kiaracondong, dan Cikapayang yang identik dengan kemacetan. Agus menawarkan solusi dengan lampu lalu lintas yang dilengkapi sinar laser atau alat sensor yang berada di atas lampu. Peranti ini mampu mendeteksi antrean kendaraan hingga berjarak 30 meter dari lampu. Tujuannya, jumlah antrean bisa diketahui secara otomatis melalui sistem komputer yang diciptakan Agus. Sistem pengaturan waktu akan fleksibel dan memberikan waktu lebih banyak kepada ruas jalan yang lebih macet di perempatan atau pertigaan. Sensor yang terhubung ke sistem

komputer tersebut membuat kemacetan, jumlah antrean, dan kerusakan dapat terpantau oleh sistem database terpusat. “Data 2010 menunjukkan, di Bandung saja, terdapat 101 lampu setopan yang tidak berfungsi baik. Sebanyak 36 rusak sama sekali, 65 bahkan tidak tersambung dengan sistem kendali lalu lintas kendaraan atau automatic traffic light control system (ATCS). Sistem ini diaplikasikan mulai 1997, juga menggunakan sistem pengaturan waktu,” ujar Agus. Namun, lanjut Agus, karena berasal dari Australia, lampu pada sistem ATCS sangatlah mahal. Ditambah lagi, sensor pendeteksi antrean ditanam ke tanah sehingga rentan gangguan dan kerusakan. Karena itu, penggunaannya pun dihentikan. Energi matahari Mengingat krisis energi listrik menjadi salah satu isu penting saat ini, Agus pun berusaha meminimalkan penggunaan daya listrik. Selama ini, suplai daya lampu lalu lintas berasal dari PLN. Namun, dengan Green Traffic Light, penggunaan listrik dapat dihemat melalui penggunaan daya energi matahari. Di setiap unit blok lampu perempatan akan ada panel surya di atasnya, itu dimaksudkan untuk menangkap daya energi matahari. Nantinya, energi tersebut akan disalurkan ke aki pengisian yang kemudian digunakan bergantian dengan daya listrik.

“Nantinya, selama listrik PLN dipakai, solar cell juga mengisi aki. Pukul 6 pagi-6 sore, memakai listrik PLN. Dilanjutkan pukul 6 sore-6 pagi, suplai listrik disetop, diganti listrik dari matahari,” kata Agus. Indonesia, kata Agus, merupakan negara dengan potensi energi matahari yang besar. Di tengah krisis energi listrik, penggunaan energi matahari harus dioptimalkan. “Selain itu, kita dapat mengurangi ketergantungan dari listrik PLN. Listrik bisa dialihkan untuk industri atau kebutuhan rumah tangga, dan mampu menanggulangi kemacetan akibat lampu lalu lintas yang mati,” paparnya.

Peranti ini mampu mendeteksi antrean kendaraan hingga berjarak 30 meter dari lampu.” Agus Mulyana Pembina Tim Riset Universitas Komputer Indonesia Tak hanya itu, lampu tersebut hanya terdiri dari satu buah lampu, yang mampu berubah-ubah warna. Lampu itu pun hanya menunjukkan warna merah dan hijau, sedangkan warna kuning dihilangkan. Lampu kuning, ujarnya, hanya membuang daya. Pasalnya, mindset pengendara saat ini berpatokan pada penunjuk waktu, bukan pada warna lampu. Tentunya, lampu lalu lintas yang dilengkapi penunjuk waktu menjadi patokan mereka. Lampu yang digunakan Agus bukan alternating current (AC) seperti yang dipakai selama ini, melainkan light emitting diode (LED) yang lebih murah dan hemat listrik.

“Lampu AC boros, misal untuk 100 watt AC, LED hanya butuh 10 watt dengan kualitas terang yang sama. Jadi lebih hemat energi listrik,” jelas Agus. Salah satu poin penting Green Traffic Light ini ialah biaya yang lebih murah. Misalnya, untuk panel kontrol data, satu blok perempatan membutuhkan Rp33 juta. Lain halnya Green Traffic Light, Agus memperkirakan lampu inovasinya itu hanya membutuhkan Rp1,2 juta. Di samping itu, unit lampu seharga Rp1,2 juta, sedangkan lampu LED hanya Rp400 ribu. Para mahasiswa yang membantu dalam proyek Agus mengaku tidak mengalami kesulitan yang berarti dalam teknik pengerjaan. “Lampu ini menghemat daya dengan memanfaatkan solar cell. Saya harap penelitian seperti ini difasilitasi sehingga kaum muda terpacu lebih kreatif,” ungkap Andriyana. Lampu tersebut belum bisa dipraktikkan di lapangan karena mesti menunggu respons institusi terkait. Namun, Agus menegaskan temuan mereka bisa diaplikasikan. Selain lebih murah, bahan-bahan pembuatnya lokal dan mudah dicari. Sistem komputer pun telah siap sehingga bukan tidak mungkin lampu ramah lingkungan itu mampu menggantikan seluruh lampu lalu lintas yang boros. Salah satu yang berwenang dalam hal itu adalah dinas perhubungan. “Sekarang tinggal pemerintah, berani atau tidak melakukan perubahan. Produk lokal ini mampu bersaing, pemeliharaan tidak sulit, jangan bergantung pada buatan luar. Kita bisa lebih hemat energi,” ungkap Agus. (M-2)

KEBUTUHAN terhadap kaus dengan bahan yang nyaman dan sablon gambar menarik telah menjadi bagian tren fesyen anak muda saat ini. Namun tahukah Anda bahwa pabrik kain merupakan industri pengguna air terbesar selain pertanian? Tidak hanya itu, industri tekstil juga telah menjadi penyumbang polusi udara terbesar di dunia. Industri ini telah berkontribusi pada kasus pencemaran yang menimpa 3 juta orang yang tercemar bahan kimia, di Bandung, pekan dengan angka kematian 220 lalu. Sekilas, eco t-shirt ini tampak ribu jiwa setiap tahunnya. Saat melihat fakta itulah, be- seperti kaus biasa. Namun, jika berapa produsen pakaian pun dipegang, kain akan terasa lemmencoba melakukan terobosan but. Cai Li juga menghadirkan baru dalam memproduksi pak- kaus ini dalam berbagai warna aian. Salah satunya, mengganti dan desain. “Kami menerima bahan pembuatan kain, dengan jika ada yang ingin mengirimbotol plastik bekas. Bagaimana kan desain,” tambahnya. Pengerjaan baju mecaranya? makan waktu Kaus dengan sekitar 1-2 bubahan dasar lan, mulai dari dari daur pengum pulan ulang botol hingga peb o t o l warnaan. Setelah plastik sebebotol terkumpul, narnya bukan bahan dasar akan hal baru. Perusadibersih kan lebih haan pakaian dan dahulu dari label sepatu olahraga, atau ring botol yang Nike, telah memmenempel. Setelah p ro d u k s i k a u s itu, botol akan didengan bahan ini hancurkan dengan secara massal seFOTO-FOTO: DOK QLOOV mesin penghancur jak 2010. Setelah Nike, salah satu ma- untuk diurai menjadi benang. hasiswa asal NTU Singapura, Benang yang diolah menjadi Cai Li, 25, melakukan hal yang kain itulah yang menjadi kain sama. Bekerja sama dengan pe- utama kaus. Harga eco t-shirt rusahaan pengolah botol plas- ini sekitar S$35 hingga S$40, tik China dan Taiwan, Cai Li atau sekitar Rp250 ribu– Rp280 mendesain kaus untuk remaja, ribu. Membeli dan mengenakan dengan nama Qloov. “Kita coba menggabungkan kaus berbahan dasar botol keinginan untuk tampil sty- plastik ini, kata Cai Li, berarti lish, dengan kebutuhan untuk kita telah mengurangi 90 gram menjaga lingkungan,” ujar Cai penggunaan zat kimia, dan raLi, saat ditemui di Tunza, Kon- tusan ton karbon dioksida yang ferensi Internasional Anak dan dikeluarkan untuk industri Pemuda tentang Lingkungan, tekstil. Mau coba? (M-2)

KAUS: Mahasiswa asal Nanyang Technogical University Singapura, Cai Li, 25, melakukan presentasi tentang Qloov, kaus berbahan baku botol plastik daur ulang di Tunza, Konferensi Internasional Anak dan Pemuda tentang Lingkungan. DOK HERVINNY WONGSO

miweekend@mediaindonesia.com

PEREMPATAN JALAN BEBAS MACET

T

T ips! G re e n

Mematikan mesin kendaraan pada waktu penghentian singkat, seperti saat menunggu di lintasan jalan kereta api atau lampu merah selama minimal 45 detik, efisien menekan emisi karbon.

erjebak dalam kemacetan, terutama melewati perempatan atau pertigaan jalan, mungkin menjadi hal biasa Anda alami ketika berkendara di Ibu Kota. Arus kendaraan yang datang dari tiga-empat arah berbeda membuat keberadaan lampu lalu lintas (traic light) menjadi sangat penting untuk mengatur ketertiban dan kelancaran lalu lintas jalan. Namun, pernahkah Anda merasa pada titik perempatan tertentu lampu hijau terasa cepat sekali berganti merah? Padahal, jumlah kendaraan yang berada dalam antrean traic light tersebut cukup panjang sehingga Anda bisa terjebak cukup lama hanya

untuk melewati perempatan tersebut. Mengesalkan, bukan? Sistem lampu lalu lintas yang digunakan kita saat ini memang belum bisa secara otomatis mengukur jumlah antrean. Akibatnya, ruas jalan dengan antrean kosong ataupun padat diberlakukan sama. Waktu pergantian lampunya tidak berbeda. Masalah itu menginspirasi Agus Mulyana, dosen teknik komputer di Universitas Komputer Bandung. Ia menciptakan lampu lalu lintas yang lebih canggih, dengan menambahkan alat sensor yang tersambung dengan sistem komputer. Alat itu mampu mendeteksi panjang antrean kendaraan hingga berjarak 30 meter dari lampu lalu lintas. Jumlah antrean pun bisa diketahui

otomatis dan pergantian warna lampu dibuat leksibel sesuai dengan banyak-sedikitnya jumlah antrean. Adanya kerusakan pada lampu lalu lintas pun bisa segera terpantau oleh sistem ini. Agus yang telah memulai riset penelitiannya sejak 2009 berupaya menghasilkan lampu lalu lintas inovatif tersebut lebih hemat energi dan ramah lingkungan. Seberapa besar energi listrik dan biaya yang bisa dihemat dengan green traic light inovatif ini? Mungkinkah perangkat ini bisa diterapkan di Indonesia? Cari tahu jawabannya dalam diskusi di Green Radio. Sampaikan juga pertanyaan Anda melalui SMS di 081381000892 atau telepon di 02185909946/47. (Dip/M-2)


P EOPLE

MINGGU, 9 OKTOBER 2011

Kiai sekaligus budayawan Gus Mus sepakat bahwa korupsi secara bersama-sama yang terjadi di Indonesia sulit diberantas jika akarnya tidak diatasi. Kunci utamanya ialah kesadaran.

Memberi Masukan dengan

Cara Sendiri

WENDY MEHARI UTAMI

G

US MUS, kiai yang dikenal nyentrik sekaligus penulis puisi dan buku, berpendapat bahwa kunci utama untuk menghapus korupsi ialah kesadaran. Yakni kesadaran bahwa Indonesia ialah rumah yang harus dijaga, kesadaran untuk memperbaikinya, tidak hanya menyalahkan orang lain, serta kesadaran untuk mengoreksi diri sendiri. Semua rakyat Indonesia, kata Gus Mus, harus kaya. Korupsi menunjukkan rakyat masih miskin karena nyatanya mereka masih ingin terus menambah harta. “Makanya, kaya juga dari dalam, bukan cuma dari luar,” tutur Gus Mus dalam tayangan Kick Andy episode Membuka Pintu Langit. Ia juga mengibaratkan rakyat Indonesia seperti burung dalam sangkar yang belum siap keluar kandang. Masih kebingungan. Berbagai persoalan yang terkuak menunjukkan bahwa banyak rakyat tidak mampu berpolitik, lantas membawa-bawa Tuhan. Ini kemudian membuat marak kasus politik yang melibatkan agama, yang sangat disayangkan oleh Gus Mus. Sebut saja kasus-kasus kekerasan yang muncul mengatasnamakan agama. Menurut Gus Mus, agama sama seperti sekolah. Ada tingkatan dari PAUD hingga S-3. Semakin tinggi tingkat pemahaman, orang akan merasa lebih pintar dan meremehkan orang lain. “Yang suka kekerasan, walaupun sudah tua, berarti tingkat pemahaman agamanya setingkat SD,” kata Gus Mus yang juga pemimpin Pondok Pesantren Roudlatut Tholibin, Rembang, Jawa Tengah. Cara terbaik meredam kemarahan dan kekerasan ialah berdialog. Gerah dengan politik Selain ulama, dunia politik pun sebenarnya bukan hal baru bagi pria kelahiran Rembang, 10 Agustus 1944, ini. Gus Mus pernah tercatat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Tengah periode 1987-1992 mewakili PPP. Ia juga menjabat anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dan Rois Dewan Syuriah PBNU periode 1994-1999 serta 1999-2004. Namun, saat merasa tidak cocok, Gus Mus pun menarik diri. Saat NU mendirikan Partai Kebangkitan Bangsa, misalnya, ia enggan turun ke gelanggang politik, apalagi terlibat aktif di dalamnya. “Saya mendengar politik saja sudah gerah.

Apalagi masuk ke dalamnya.” Bahkan saat didorong-dorong oleh almarhum Gus Dur untuk mencalonkan diri sebagai calon Ketua Umum PBNU pada Muktamar ke-31 NU tahun 2004, Gus Mus pun berkukuh menolaknya. Ia merasa lebih nyaman memberikan masukan dan kritik dari luar dan sesuai dengan caranya sendiri. Lagi pula, pencalonan itu pun tidak disetujui mendiang sang ibu, Ma’rafah Cholil. Gus Mus memang sangat menghormati ibunya. “Sampai ibu saya meninggal, saya tetap mematuhi ibu saya. Saya hampir tidak pernah istikharah (minta petunjuk) karena saya masih punya ibu. Sekarang baru istikharah karena saya sudah tidak punya ibu. Saya anggap ibu juga cukup tahu segala macam hal,” tutur Gus Mus. Penulis Salah satu cara Gus Mus melontarkan kritik dan masukan ialah lewat tulisan. Laki-laki yang bernama asli Ahmad Mustofa Bisri ini telah melahirkan ratusan sajak yang dihimpun dalam lima buku kumpulan puisi Ohoi, Kumpulan Puisi Balsem (1988), Tadarus Antologi Puisi (1990), Pahlawan dan Tikus (1993), Rubaiyat Angin dan Rumput (1994), dan Wekwekwek (1995).

Saya mendengar politik saja sudah gerah. Apalagi masuk ke dalamnya.” Puisi-puisi Gus Mus tergolong puisi religius dan kental dengan kritik-kritik sosial. Ciri khas puisi Gus Mus antara lain terlihat pada pengungkapan masalah sosial dan spiritual dengan menggunakan bahasa sehari-hari dan pengucapan yang lugas. Sebagai cendekiawan muslim, Gus Mus juga menulis beberapa buku keagamaan. Selain itu, Gus Mus pun menerbitkan buku humor dan esai, serta menulis kolom di media massa. Gus Mus ingat benar bagaimana kegiatannya menulis di kolom media massa bermula. Dulu, tuturnya, hatinya kerap panas jika tulisan kakaknya, Cholil Bisri, dimuat di koran lokal. Kakaknya tersebut akan menempelkan guntingan koran yang memuat hasil tulisannya di dinding. Karena melihat itu, Gus Mus tergerak pula untuk menulis. Saat tulisannya dimuat, ia akan menggunting koran yang memuat hasil tulisannya tersebut dan menempelkannya, menutupi guntingan koran yang memuat tulisan sang kakak. Kini, karya-karya Gus Mus dikagumi banyak orang. Salah satunya oleh musikus Iwan Fals, yang hadir di panggung Kick Andy dengan menyanyikan lagu yang liriknya diambil dari puisi karya Gus Mus berjudul Aku Menyayangimu. Puisi tersebut mengungkapkan sikap tidak setuju akan keputusan mantan Presiden Amerika Serikat George W Bush dengan operasioperasi perangnya yang menodai kemanusiaan. (M-1)

Mustofa Bisri (Gus Mus)

miweekend@mediaindonesia.com MI/SUMARYANTO

Menyindir Umat lewat Inul SELAIN terkenal sebagai ulama dan juga penulis, Gus Mus merupakan salah satu budayawan yang sering mengkritisi budaya yang tengah berkembang di tengah masyarakat lewat lukisan. Bakat melukis Gus Mus terasah sejak masa remaja, saat tinggal di Pesantren Krapyak, Yogyakarta. Kala itu ia sering bertandang ke rumah-rumah pelukis, salah satunya Affandi, sang maestro seni lukis Indonesia. Saat itulah Gus Mus sering melihat sendiri bagaimana Affandi melukis sehingga ia sendiri pun terdorong untuk ikut menggambar. “Saya ambil spidol, pena, atau cat air untuk coret-coret. Tapi kumatkumatan, kadang-kadang, dan tidak pernah serius,” kata Gus Mus.

Pada akhir 1998, Gus Mus memamerkan sebanyak 99 lukisan amplop, ditambah 10 lukisan bebas dan 15 kaligrafi, di Gedung Pameran Seni Rupa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. Kurator seni rupa, Jim Supangkat, menyebutkan kekuatan ekspresi lukisan Gus Mus terdapat pada garis grafis yang berkesan ritmik, membuat lukisannya beda dari kaligrafi. Saat goyang ngebor dipopulerkan penyanyi dangdut Inul Daratista pada sekitar 2003, yang menimbulkan kecaman sekaligus dukungan dengan mengatasnamakan seni, Gus Mus malah punya cara unik dalam mengekspresikan perasaannya atas persoalan tersebut, yakni lewat lukisan.

MEMBUKA PINTU LANGIT Kiai yang satu ini dianggap nyentrik karena sering baca puisi, menulis cerpen, bergaul dengan budayawan, bahkan belakangan rajin main Twitter dan Facebook. Tapi pandangannya tentang Islam, pluralisme, dan persoalan kebangsaan menjadi acuan banyak orang. SAKSIKAN DI METRO TV Minggu, 9 Oktober 2011, pukul 15.30 WIB

Gus Mus menggambar Inul sedang bergoyang di tengah-tengah sekitar 16 kiai dan ulama yang mengelilinginya, termasuk Gus Mus sendiri. Lukisan itu ia beri judul Berdzikir bersama Inul. Saat lukisan tersebut dipamerkan di Surabaya dalam suatu acara yang dihadiri ulama-ulama dari berbagai daerah se-Indonesia, Gus Mus yang ikut hadir di sana mendapat kecaman dari para ulama yang rata-rata masih muda. Lucunya, ulama yang sudah berumur justru menemuinya untuk bertanya soal harga lukisan. Termasuk mendiang Gus Dur yang menanyakan apakah lukisan tersebut sudah laku atau belum. Gus Mus menanggapi semua de-

ngan tenang karena ia sudah memprediksi reaksi teman-temannya itu. Sebenarnya, Gus Mus menjelaskan, “Saya bukan mengkritik Inul, tapi saya mengkritik orang beragama. Jadi saya gambarkan Inul di tengah, kiai dan ulama-ulama di sekeliling, dan judulnya Berdzikir bersama Inul. Berzikir itu bukan pekerjaan daging saja, tetapi dengan roh.” Contoh saja, sambungnya, dalam beribadah salat, kita memang melakukannya. Namun sayang, yang bergerak hanya badan atau daging kita. Roh kita tidak ikut salat. “Inul saya anggap daging yang paling daging. Saya mau menyindir umat Indonesia, terutama umat Islam. Mereka baru sekadar daging, rohnya ditinggalkan.” (*/M-3)

9


A RT & CULTURE

10

MINGGU, 9 OKTOBER 2011

Semuanya Sia-Sia di Bawah Langit ‘Beristirahat dalam damai sepanjang keabadian’ dilapisi marmer hitam dan ukiran. Di dekatnya terdapat sebuah kapel tua. Lakon Antigoneo mengisahkan krisis ekonomi yang menyeret sebuah kota kecil di pinggir pantai ke ambang kebangkrutan. Namun, ada proyek baru yang membikin warga tidak putus harapan. Yaitu, pembangunan hotel mewah, lengkap dengan kasino dan lapangan golf. Proyek dibiayai penanam modal asing. Namun, lapangan golf kekurangan lahan. Kompleks permakaman kota pun terpaksa digusur. Semua warga kota yang keluarganya dikubur di permakaman itu setuju. Hanya satu yang menolak, yaitu Klara (Tuti Hartati). Dia tak mau kuburan adiknya digali dan mayatnya dikremasi.

Lakon ini sangat tepat dengan kondisi bangsa kita. Ada penggusuran kuburan sebagai perampasan hak warga. Ini juga sering terjadi di sini” FOTO-FOTO : MI/ANGGA YUNIAR

DI AMBANG KEHANCURAN : Para pemain Teater Koma memainkan lakon Antigoneo karya Evald Flisar (Slovenia) dalam geladi bersih di Gedung Kesenian Jakarta, Kamis (6/10). Pertunjukan tersebut menceritakan kisah sebuah kota di ambang kehancuran ekonomi.

Nilai tragis dalam pementasan Teater Koma mengindikasikan sebuah perenungan akan matinya burung-burung langka di tepi pantai. IWAN KURNIAWAN

P

RODUKSI ke-124 Teater Koma menghadirkan lakon Antigoneo, sebuah karya saduran dari Antigoneo Now karya dramawan Slovenia, Evald Flisar. Karya itu merupakan sebuah versi modern ala Flisar dari karya klasik Sophocles, Antigone. Tema utama be-

gitu kuat sehingga sederet kelompok teater lain juga telah mementaskannya di Mesir, Austria, dan India. Sutradara muda Teater Koma, Rangga Riantiarno, menilai kompleks permakaman yang menjadi latar belakang panggung sebagai sebuah metafora, begitu pula dengan burung-burung langka di tepi pantai. “Ya, lakon ini sangat tepat dengan kondisi bangsa kita. Ada penggusuran kuburan sebagai perampasan hak warga. Ini juga sering terjadi di sini,” ujar Rangga. Lakon Antigoneo dipentaskan di Gedung Kesenian Jakarta, mulai Jumat (7/10) dan akan berakhir pada Minggu (16/10) mendatang. “Jangan takut karena tempat ini aman

untuk dikunjungi. Nanti, semuanya bisa berfoto dengan gadis itu (Klara),” kata pemandu wisata, membuka adegan. Sejenak, pengunjung pun menatap ke arah pemandu wisata, yang diperankan Patricia Panggupita. Apalagi, ia menaiki panggung dari sisi belakang penonton sambil menuntut segerombolan turis tersebut. “Kami tak takut namun kaki ini seperti mau copot. Kami sudah berjalan menuruni dan menaiki bukit,” ujar salah satu turis yang diperankan Ratna Riantiarno. Tata panggung terlihat artistik. Meski sebagai kompleks permakaman, ada ornamenornamen klasik. Ada patung anak kecil, patung dewi keadilan, dan patung lelaki. Sebuah kuburan dengan nisan bertulis

dengan menembak warga yang menantang kekuasaan. Bila mencermati secara jeli, akhir cerita membawa penonton pada sebuah permasalahan di perkotaan, apa pun harus digusur demi membawa sebuah kota menuju kemakmuran. Klara juga dinilai sebagai penghalang. Ia pun dibawa ke rumah sakit jiwa. Sayangnya, beberapa hari berselang, ia melompat dari lantai 5 rumah sakit hingga tewas. Kehadiran aktor Salim Bungsu (Satpam), Sriyatun Arifin (Sabina), Adri Prasetyo (Peter/wartawan), dan Pandoyo Adi Nugroho (Philip), menunjukkan lakon itu digarap secara serius. Lakon Antigoneo memberikan sebuah kesia-siaan. Kedua pembunuh, Satpam, dan Peter tertembak. “Ini kisah tentang kesia-siaan. Tak ada yang abadi di bawah langit,” nilai Budi Ros, seusai pementasan. (M-4) miweekend@mediaindonesia.com

Wali kota (N Riantiarno) pun pusing tujuh keliling. Apalagi, Klara adalah keponakannya. Di lain pihak, para investor mengancam mundur kalau tidak ada lapangan golf. Ia tidak mau proyek masa depan itu gagal. Sebagai tokoh yang menjanjikan kebangkitan ekonomi kota, ia punya satu kartu terakhir untuk dimainkan. Apa itu? Sia-sia Kehadiran Guru Guido (Budi Ros) semakin membuat Klara tabah menjalani hegemoni kekuasaan. “Guru, apa yang harus saya lakukan?” ucap Klara setiap kali bertemu dengan sang guru. Budi tampil memukau dengan berperan sebagai seorang guru tunanetra. Kata-kata yang dikeluarkan Budi selama pementasan terdengar bijak. Kehadiran Dudung Hadi dan Cornelia Agatha sebagai pembunuh I dan II pun membuat lakon berjalan secara tragis. Kedua pembunuh itu selalu bertingkah brutal

Sepenggal Doa lewat Lukisan

MI/ROMI PUJIANTO

ABSTRAK: Lukisan abstrak sufistik karya KH M Fuad Riyadi, Rabu (5/10) di pameran lukis Gedung Graha Parahyangan, PT Kereta Api Indonesia, Bandung, Jawa Barat, pekan lalu.

PERTAUTAN antara pribadi seorang manusia dan Tuhan menjadi suguhan utama pelukis KH M Fuad Riyadi. Balutan unsur sufistik tersaji lewat goresan tangan penuh makna. Pada pameran tunggal itu, Fuad menghadirkan 60 karya. Jeda pengerjaan lukisan dilakukan sejak 2007 hingga 2011. Corak warna dan garis membuat para pengunjung sedikit lebih berpikir secara mendalam. “Seni lukis menjadi salah satu media dakwah saya. Ini menyenangkan dan penuh perenungan,” ujar Fuad di sela-sela pameran lukis di Gedung Graha Parahyang an, PT Kereta Api Indonesia, Bandung, Jawa Barat, pekan lalu. Suasana ruangan pameran berukuran sekitar 40x60 meter menjadi tenang. Balutan irama alunan musik tradisional Sunda juga sengaja dipasang untuk menambah suasana intim para pengunjung. Karya-karya Fuad memiliki warna tersendiri. Unsur garis yang sengaja dibuat secara tak beraturan menjadi sebuah gaya yang ia tampilkan. Sebagai pengusung abstrak, ada nilai

tersendiri yang cukup berarti. Ia berani menunjukkan sebuah penafsiran atau semacam sebuah teka-teki dalam setiap karya lukisnya. Bila dicermati secara jeli, karya pelukis kelahiran Yogyakarta, 8 Oktober 1970, itu dapat dikategorikan dalam tiga hal. Yaitu, penanda pikiran-pikiran dan inspirasi besar mengenai situasi serta kondisi sosial-politik; penanda dimensi transen dental yang mengemuka saat proses kreatif dibuat; dan penanda buah peringatan sejarah para nabi yang terjadi jauh sebelumnya. “Karya-karya lekat dengan berbagai persoalan antara alam dan manusia. Ini mengkritik lewat bahasa yang penuh penafsiran,” ujar kurator pameran Miekke Susanto seraya menunjuk beberapa lukisan. Karya berjudul Formasi Tawakal (41x31 cm), misalnya, penuh dengan unsur religius. Fuad seakan memberikan sebuah peringatan kepada manusia untuk tetap berdoa dan selalu mengagungkan namaNya. Ada pula karya Selendang Nawang Wulan

(145x90 cm) dan Gandrung Forever (145x90 cm) yang memiliki paduan warna-warni yang begitu mencolok. Karakteristik karya Fuad bisa terlihat pula dari penggunaan warna akrilik hitam dan putih di atas kertas. Ia seakan memberikan sebuah imajinasi yang mampu menggetarkan sanubari penikmat seni. Karya Jejak Raja (41x31 cm), Ilham Kepemimpinan (41x31), dan Sayap-Sayap Keberanian (41x31 cm) cukup lekat dengan ungkapan dan ekspresi suara hati. Kendati ada 60 karya yang dipamerkan, Fuad mengaku ada satu lukisan yang penuh dengan sentuhan khusus, yaitu karya Rajah Sosrokartono (90x145 cm). Dalam karya tersebut, ada sebuah realitasrealitas transendental yang merupakan capaian kreatif sang kiai. Ada unsur dimensi mistis, perpaduan ilmu agama, dan pengalaman hidup. “Saya tak pernah membedakan agama. Bahkan, saya juga belajar agama Hindu. Ini semua saya lakukan untuk bisa mendapatkan dimensi-dimensi lain untuk dituangkan dalam karya,” pungkas Fuad. (Iwa/M-4)


MINGGU, 9 OKTOBER 2011

K ECANTIKAN

11

Lulur

DAPATKAN KULIT CANTIK BERKILAU DENGAN

Luluran saat ini telah menjadi rutinitas. Selain membuat kulit mulus, itu juga akan membuat kulit sehat dan Anda pun semakin terlihat cantik.

WWW.TAMANSARIROYALHERITAGE.COM

AMALIA SUSANTI

S

ETIAP perempuan pasti mendambakan kulit yang cantik, sehat, dan berseri tanpa harus membayar mahal. Kini, untuk mendapatkan kulit indah berkilau, Anda tidak harus selalu menjalani sejumlah perawatan premium ala salon, lengkap dengan produk perawatan kecantikan kulit berharga mahal. Mustika Ratu telah menjawab semua keinginan para perempuan Indonesia dengan menyediakan produk lulur kocok Ratu Mas. Produk itu dapat digunakan sendiri di rumah Anda. Kini, lulur kocok Ratu Mas mengeluarkan kemasan terbaru dari dua varian, yakni Seruni dan Sri Gading. Seruni dan Sri Gading merupakan ramuan lulur yang memiliki kandungan bahan alami seperti paduan ekstrak temugiring, daun kemuning, kunyit, bunga kenanga, dan daun pandan. Menurut Asisten PM Mustika Ratu Eni Maryani, lulur kocok Ratu Mas Seruni dan Sri Gading dapat membuat kulit perempuan Indonesia menjadi bersih, halus, cerah, dan harum. Bukan cuma itu, lulur kocok ini juga bisa

membantu mencegah masalah kulit yang kerap timbul sehingga menjadikan kulit indah berkilau. “Lulur kocok Ratu Mas Seruni dan Sri Gading tidak hanya membersihkan kulit dari kotoran, tetapi juga membantu mengangkat sel-sel kulit mati,” papar Eni. Lulur kocok Ratu Mas ini berbeda dengan lulur kocok lainnya, sebab terbuat dari bahan-bahan alami sehingga aman untuk digunakan. “Lulur ini juga aman untuk semua jenis kulit dan tidak mengandung sabun,” tambahnya. Konon, ramuan lulur kocok memang sudah digunakan para ratu dan putri keraton untuk merawat kulit mereka. Para ratu dan putri keraton biasanya terlebih dahulu membuat lulur dengan cara menumbuk semua rempah-rempah. Setelah selesai ditumbuk, ramuan lulur tersebut kemudian dicampur dengan air dan digunakan sebagai lulur badan. “Namun, saat ini para perempuan tidak usah bersusah payah lagi menumbuk rempah-rempah bila ingin luluran. Sekarang sudah ada produk lulur kocok Ratu Mas dari Mustika Ratu dengan formula alami dan merupakan warisan dari keraton yang dapat digunakan sendiri dan cukup dilakukan di dalam rumah,” pungkas Eni.

Praktis digunakan Cara menggunakan lulur kocok Ratu Mas juga praktis, yakni hanya dengan mengocok lulur terlebih dahulu dan dibalurkan. Selanjutnya, digosokkan ke bagian-bagian tubuh seperti leher, lengan dan kaki, atau ke seluruh tubuh hingga kotoran yang melekat pada kulit lepas berjatuhan. Setelah itu dibilas sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya gunakan produk lulur kocok Ratu Mas sebanyak 1-2 kali dalam seminggu. Itu dilakukan agar manfaatnya terasa maksimal dan kulit menjadi bersih, halus, lembut, dan indah berkilau. Lulur kocok Ratu Mas juga cocok digunakan bagi perempuan berusia 17 tahun. Biasanya, di usia tersebut setiap perempuan sudah peduli pada perawatan tubuh dan ingin terlihat cantik dengan kulit yang halus. Terdapat dua ukuran lulur kocok Ratu Mas baik Seruni maupun Sri Gading, yakni ukuran 200 ml dengan harga Rp19.000 dan ukuran 100 ml seharga Rp11.500. Lulur kocok Ratu Mas bisa didapatkan di semua counter Mustika Ratu, toko-toko kosmetik, supermarket, minimarket, dan hypermarket. (S-1) amalias@mediaindonesia.com

Tips Luluran LULURAN sesungguhnya merupakan suatu metode untuk merawat tubuh dan kesehatan kulit. Lulur terdiri dari berbagai jenis kosmetik tradisional yang terbuat dari bahan-bahan yang bermanfaat untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Berikut ini langkah dan cara luluran yang dapat Anda coba sendiri di rumah. ● Sebelum melakukan luluran, sebaiknya bersihkan tubuh dari kotoran dengan menggunakan handuk yang telah dicelupkan ke air hangat. ● Pijatlah tubuh Anda secara perlahan dengan menggunakan minyak urut khusus. ● Gunakan produk lulur kemasan secukupnya, tambahkan air hangat, kemudian aduk hingga rata. ● Setelah ramuan lulur dingin, oleskan ke seluruh bagian tubuh dengan

menggunakan jari ataupun kuas halus. ● Diamkan beberapa saat hingga bahan lulur setengah mengering. ● Gosok-gosokkan bahan lulur tersebut secara perlahan agar kulit tidak menjadi lecet. Cara itu dilakukan untuk mengangkat sel kulit yang mati sehingga kulit mengalami regenerasi. ● Setelah luruh, bersihkan lulur dengan air hangat agar sisa-sisa bahan lulur tersebut menjadi bersih. Kemudian siram dengan air dingin agar seluruh pori-pori yang terbuka tertutup kembali. Sebaiknya bilas dengan air dingin tanpa menggunakan sabun. ● Bersihkan badan Anda dengan handuk. Setelah kering, gunakan body lotion agar kulit menjadi lembap secara sempurna. (Sus/S-1)


S ELEKTA MEDIA INDONESIA | MINGGU, 9 OKTOBER 2011 | HALAMAN 12

Kemarau Kerek Harga Beras

BATIK kembali membuktikan diri sebagai busana yang memesona. Tak mengherankan jika penyanyi asal Australia, Lenka Kripac, terpesona oleh keindahannya. Perempuan kelahiran Australia, 19 Maret 1978, itu semestinya sudah menghadiri acara jumpa pers sejak pukul 16.00 WIB. Bintang tamu yang ditunggu-tunggu itu tak kunjung datang karena ternyata Lenka masih sibuk mencari batik untuk ia kenakan. Setelah beberapa menit, seorang perempuan mungil dengan rambut bercat cokelat terang hadir sembari mengenakan batik pelangi. “Aku suka batik,” ujar Lenka saat menyapa para wartawan di Jakarta, Rabu (5/10). Lenka mengaku terpesona oleh batik sejak remaja. Ia pernah menaiki pesawat Garuda Indonesia dan tertarik dengan busana bernuansa batik yang dikenakan para awak pesawat. Menurut Lenka, batik sangat keren. Terlebih, ia melihat model busana batik masa kini lebih trendi setelah mendapat pengakuan dari UNESCO. “Aku baca soal batik dari koran tadi pagi. Ternyata, generasi muda sekarang punya perhatian lebih pada batik. Itu tentu akan

membuat batik semakin keren,” sahutnya. Kehadiran Lenka di Indonesia sebenarnya bukan untuk mempromosikan batik, melainkan dalam rangka tur Asia. Ia datang untuk kali keempat ke Indonesia, dua di antaranya untuk urusan pekerjaan. Promotor mengklaim seluruh tiket yang dicetak sebanyak lebih dari 2.600 lembar terjual habis. Performa Lenka yang cukup atraktif mendapat apresiasi positif. Meski penampilannya tidak terlalu lincah, mungkin karena ia sedang hamil, penonton tetap mengikuti setiap lagu yang dinyanyikan. “Aku tidak tahu apakah Anda sudah tahu berita ini. Emm... bagaimana menyebut baby dalam bahasa Indonesia? Ya benar, ada dua orang di panggungku kali ini,” ujar Lenka saat menyebarkan berita kehamilannya tersebut. Terdapat 16 nomor lagu, baik dari album pertama maupun keduanya, yang dinyanyikan dalam konser solonya malam itu. Di antaranya ialah lagu yang cukup familier seperti Trouble is A Friend, Heart Skips a Beat, Knock Knock, hingga Everything’s Okay. Beberapa lagu dinyanyikan dengan musik yang minimalis dan bahkan akapela. (Din/I-1)

lik!

k

ONLINE HARI INI

Lenka Kripac Terpesona oleh Batik

Kupang, Nusa Tenggara Timur, yang terus mengalami penyusutan. Hingga Sabtu (8/10), penyusutan Waduk Tilong mencapai sekitar 20 juta meter kubik dari kapasitas tampung waduk 40 juta meter kubik. Pa dahal pada Agustus lalu, penyusutan baru mencapai 10 juta meter kubik. “Jika penyusutan air Tilong mencapai titik terendah, air tidak akan mengalir lagi ke sawah. Banyak petani bakal gagal panen,” kata Meks, petani di persawahan Noelbaki, Kupang Timur. Waduk Tilong selama ini memasok air untuk sedikitnya 1.548 ha persawahan di empat desa di Kupang Timur, yakni Noelbaki, Fatukanutu, Manufui, dan Tasipah. Kondisi tersebut mengerek harga beras sebagaimana dilaporkan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Kenaikan harga beras berbagai jenis terjadi di Pasar Induk Beras Johar, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Harga beras naik akibat banyaknya gagal panen di tingkat petani. Kenaikan harga rata-rata pada pekan lalu mulai Rp1.000 hingga Rp2.000/ kg. (UL/PO/LN/TS/YK/ Sha/N-4)

KENDATI di Ibu Kota Jakarta sudah mulai hujan, lain halnya yang terjadi di beberapa daerah. Hingga memasuki pekan pertama Oktober ini, hujan belum turun di sejumlah daerah. Dampaknya mulai terlihat di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat; Kabupaten Tuban, Jawa Timur; Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Timur. Kemarau berkepanjangan mengakibatkan debit air dari Bendung Rentang, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka, sangat minim. Akibatnya, suplai air ke areal tanaman padi di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Indramayu, Majalengka, dan Cirebon, menurun drastis. Areal persawahan pun mengering dan menyebabkan gagal panen alias puso. “Di Indramayu saja luas areal tanaman padi yang puso mencapai 4.087 ha. Kerugian petani mencapai Rp8 miliar. Itu baru di Indramayu, belum di dua kabupaten lain yang menggantungkan pengairan dari Bendung Rentang,” ujar Kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Indramayu, Takmid Sarbini, kemarin. Hal serupa juga terjadi di Bendungan Tilong, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten

mediaindonesia.com me edia MI/RULLY FIRDAUS

Kapal Abad Ke-7 Masehi Mase Diawetkan KAPAL kuno di situs Desa Punjulharjo, Kecamatan Kota Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, akan segera direndam dengan cairan kimia jenis polietilena glikol (PEG). Hal itu dilakukan untuk mengawetkan situs produk PUNJULHARJO BLOGSPOT.COM abad ke-7 Masehi tersebut. “Perendaman kapal kuno dengan cairan kimia jenis PEG 40 tersebut akan dilakukan selama satu hingga dua tahun,” kata Ketua Masyarakat Sejarawan Indonesia Kabupaten Rembang Edi Winarno, di Rembang, kemarin. “Kapal kuno tersebut akan ditempatkan dalam cangkang (sejenis bejana besar) dan direndam dalam 72 ribu liter cairan PEG 40. Perendaman ini untuk mengeluarkan kadar air dari dalam kayu kapal,” kata dia. Ia menyebutkan cairan PEG 40 sebanyak 72 ribu liter tersebut senilai Rp2,3 miliar. Setelah perendaman pertama selesai dilakukan, kapal akan diangkat dan direndam kembali dalam cairan kimia jenis polietilena glikol (PEG) 4000. Kali ini, perendaman dimaksudkan untuk mengisi pori-pori dalam kayu kapal kuno tersebut. Waktu perendaman sama, yakni satu hingga dua tahun. (Ant/OL-9)

Polri Buru Tiga Buron Bom Cirebon Seorang tersangka mengaku pernah dibaiat oleh Abu Bakar Ba’asyir.

Kelebihan Zink Sebabkan Epilepsi ZINK atau seng memang memainkan peran penting dalam memori. Akan tetapi, bila terlalu banyak, mineral ini di otak dapat memicu serangan epilepsi. Sebuah studi baru menemukan bahwa seng penting untuk komunikasi antara neuron di hippocampus, area otak untuk proses pembelajaran, dan pusat memori. Untuk mendapatkan kesimpulan itu, para ilmuwan menggunakan bahan kimia yang mengikat seng untuk menyingkirkannya dari otak tikus mutan. Tanpa mineral itu, komunikasi antara neuron pun rusak. Peneliti utama Dr James McNamara dari Duke University Medical Center di North Carolina, AS, mengatakan, “Kami menemukan bahwa seng penting untuk mengontrol efisiensi di antara dua sel syaraf di hippocampus. Ini pun menimbulkan kontroversi.” Temuan ini dipublikasikan secara daring dalam jurnal Neuron edisi September 2011. Lebih dari 50 tahun lalu, para ilmuwan mengetahui bahwa kadar tinggi seng terkandung dalam kompartemen khusus dalam sel syaraf yang disebut vesikel. Bahan kimia itu berperan sebagai pemancar syaraf yang memungkinkan untuk berkomunikasi. Namun, bukti bahwa seng benar-benar memainkan peran dalam sinyal sel masih terbilang kurang. (Pri/OL-06)

BACAAN FAVORIT

1

5 RISIKO MENGGUNAKAN ANDROID KELEMAHAN keamanan ditemukan di beberapa perangkat Android saat terkoneksi ke jaringan komputer. Smartphone menjadi komputasi berkekuatan penuh ketika dilengkapi sistem operasi dan aplikasi. Aplikasi yang terinstal berisiko memiliki cacat yang tidak terdeteksi. (Media Gadget)

2

MENGUNJUNGI SUKU ABUI DI TAKPALA KABUPATEN Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur, kaya potensi wisata alami. Selain taman bawah lautnya, disebutkan sebagai taman bawah laut terbaik di dunia kedua setelah Kepulauan Karibia di Benua Amerika, Kabupaten Alor memiliki potensi wisata budaya tersembunyi, yaitu kampung tradisional Takpala. (Media Travelista)

3

VW DAN AUDI RECALL 168.275 KENDARAAN MENURUT laporan dari Badan Keselamatan Lalu lintas Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA), Volkswagen (VW) melakukan recall terhadap 168.275 unit Jetta TDI dan Golf TDI, termasuk Audi A3 TDI. Menurut NHTSA, terdapat masalah pada saluran bahan bakar pada injektor nomor dua. (Media Oto)

ANTARA/R REKOTOMO

DPO TERORISME: Petugas menempelkan selebaran berisi foto daftar pencarian orang (DPO) tindak pidana terorisme, di sebuah pusat perbelanjaan di Semarang, Jawa Tengah, kemarin.

RITA AYUNINGTYAS

P

OLRI masih memburu tiga buron terkait dengan kasus bom bunuh diri di Masjid Adz Dzikra yang terletak di Kantor Polresta Cirebon, Jawa Barat. Mereka ialah Upik Lawanga, Nanang Irawan alias Nang Ndut alias Gendut alias Ndut, dan Yadi al Hasan alias Abu Fatikh alias Vijay alias Yadi. Mereka diduga masih membawa tujuh bom rakitan yang dapat dirangkai menjadi satu bom. “DPO (daftar pencarian orang) kita untuk Cirebon sudah tertangkap tiga. Kemudian masih ada lagi dua, tambah satu lagi, Upik Lawanga,” ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen Anton Bachrul Alam, di Mabes Polri, Jakarta, kemarin. Sebelumnya polisi telah me nangkap seorang DPO bom Cirebon, yaitu Beni Asri pada Jumat (30/9), saat ia naik sepeda motor di Jalan Ujung

Kampung, Desa Kubang, Kecamatan Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatra Barat. Detasemen Khusus 88 Antiteror, kemarin subuh, juga menangkap buron bom Cirebon bernama Heru Komarudin alias Haekal alias Udin, di Pasar Senen, Jakarta Pusat. Selain terkait dengan bom Cirebon, kawanan itu diduga terlibat dalam perusakan Alfamart di kota yang sama. Dugaan lainnya, mereka terlibat aksi bom bunuh diri yang dilakukan Pino Damayanto alias Achmad Yosepa Raharjo alias Ahmad Urip alias Hayat di Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS) Kepunton, Solo, Jawa Tengah. Selain menangkap Heru, Densus 88, kemarin, menggerebek sebuah rumah kontrakan di Pondok Cipta Blok E No 167, Bintara, Bekasi Barat, Jawa Barat, dan menangkap dua lelaki berinisial B dan Y beserta istri mereka. Pria berinisial B diduga sering berkomunikasi dengan

Heru Komarudin. Menurut Anton, Polri memiliki waktu 7x24 jam jika B dan Y serta istri mereka terbukti terkait dengan terorisme yang dilakukan kelompok Heru di Cirebon. “Kalau ini berkaitan dengan teroris, kita punya waktu 1 minggu sampai di mana keterlibatan saudara Y dan B. Tapi untuk saudara Heru Komarudin, jelas yang bersangkutan DPO kita yang berkaitan dengan kasus peledakan bom Cirebon,” tukas Anton. Anton menambahkan, Beni Asri mengaku pernah dibaiat (disumpah) oleh Abu Bakar Ba’asyir saat menjadi anggota Jamaah Ansharut Tauhid (JAT) pada 2008. Beni bersama pelaku bom Cirebon, M Syarif, juga disebut pernah mengikuti demonstrasi antiAhmadiyah di Kuningan, Jawa Barat. Menurut Anton, Beni pernah menerima titipan dua rangkaian bom dari tersangka kasus bom Cirebon bernama Mushola. Penitipan dilakukan seminggu setelah bom Cirebon yang terjadi 15 April 2011. Meski Mushola kemudian meminta bom dibuang, Beni tetap menyimpannya. “Kemudian bersama-sama Komarudin, Beni membuat bom itu,” kata Anton. Sementara itu, ancaman bom sempat diterima Gereja Bethel Indonesia (GBI) Tampak Siring di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (7/10) pukul 19.30 WIB. Namun, setelah menyisir selama kurang lebih 30 menit, tim Gegana Polda Metro Jaya tidak menemukan benda mencurigakan. (NA/I-1) rita@mediaindonesia.com

Tarif Angkutan Siap Ikuti Penaikan Tarif Tol PENAIKAN tarif 12 ruas tol yang berlaku mulai 7 Oktober akan segera diikuti penaikan tarif angkutan umum dengan kisaran 5%-10%. Penyesuaian tersebut guna menutupi kenaikan biaya operasional. Ketua Umum Organda Eka Sari Lorena Soerbakti mengungkapkan itu saat dihubungi, kemarin. Menurutnya, penaikan tarif yang akan dilakukan pengusaha angkutan umum da lam waktu dekat tersebut didorong oleh tarif tol dan juga dampak bergandanya terhadap ongkos distribusi komponen angkutan umum, seperti suku cadang. “Tarif tol naik, jalan tidak bertambah. Kemacetan makin menjadi, waktu tempuh makin panjang. Makanya, harga naik,” ujar Eka. Menurutnya, penaikan tarif angkutan umum akan bervariasi, bergantung pada jenis pelayanan dan jumlah armada perusahaan angkutan umum yang bersangkutan. Ia mengatakan Organda sempat mengajukan usulan kepada pemerintah agar angkutan umum dibebaskan dari penaikan tarif 12 ruas tol yang besarannya berkisar Rp500-Rp2.500 tersebut. Namun, hal itu tidak mendapat respons. Lebih lanjut, Eka menilai penaikan tarif tol semakin menunjukkan ketidakberpihakan pemerintah terhadap angkut-

an umum dan masyarakat kecil. Padahal, di Jakarta saja, angkutan umum dimanfaatkan oleh sekitar 10 juta orang yang lalu-lalang di Ibu Kota setiap harinya. “Kebanyakan pengguna angkutan umum kan orang kurang mampu,” sergahnya. Selama ini, lanjut Eka, pengusaha angkutan umum kerap menghadapi dilema. Mereka kerap diprotes karena kondisi angkutan umum yang buruk, tapi tidak diberi solusi yang memungkinkan mereka memupuk investasi untuk mengatasi masalah itu. “Siapa sih yang mau kendaraan jelek? Masalahnya, tidak ada uangnya. Di luar (negeri), angkutan umum diberi insentif pajak, bunga kredit pun rendah dengan waktu cicilan panjang,” kata dia. Sebaliknya, di Indonesia, bunga kredit bank bisa mencapai 15%. Produsen otomotif pun enggan memberi insentif harga bagi angkutan umum. “Padahal, mereka dapat banyak insentif dari pemerintah, tapi tidak sampai ke kami,” keluhnya. Sementara itu, Ketua Organda DKI Sudirman mengatakan sudah menerima laporan adanya kenaikan tarif angkot Rp500. Menurut dia, penaikan tarif tol walau hanya Rp500 saja sudah memberatkan pengemudi. (Jaz/E-3)

MI/ROMMY PUJIANTO

TETAP MACET: Ribuan kendaraan bergerak perlahan di jalan tol kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, kemarin. Penaikan tarif tol mengecewakan masyarakat karena tanpa dibarengi pelayanan yang memadai.


S TYLE

YUK, KENALI BATIK INDONESIA! Steffanie Tanakoman dari SDK 10 Penabur Jakarta mewawancarai Putri Batik 2011, seputar pelestarian batik. Media Anak, Hlm 18

| MINGGU, 9 OKTOBER 2011 | HALAMAN 13

MI/RAMDANI

FOTO-FOTO: MI/RAMDANI

Mix tidak selalu Match Siapa yang bilang mix selalu berpasangan dengan match? Bukan desainer Eddy Betty, pastinya. Buat dia, mix don’t match justru menciptakan statement mode. SISKA NURIFAH

D

INAMIS, bebas, dan santai. Begitu nuansa yang ingin ditampilkan perancang Eddy Betty lewat 90 busana koleksi terbarunya di bawah label Edbe (dibaca: e-di-bi), yang digelar dalam sebuah fashion show bertema Love is in the Air. Rasanya euforia Hari Batik Nasional minggu lalu masih terasa pekan ini. Batik pula yang dipilih Eddy sebagai bahan olahannya. Di tangan Eddy, batik pun berwujud gaya harajuku. Itu terkesan jelas dari rancangan busana-busana wanita sekaligus pria yang diperagakan. Eddy rupanya memang terinspirasi gaya yang bermula di Jepang tersebut, yang dikenal berani dan saling tabrak. “Mix don’t match, padu padan tanpa serasikan. Simpel tapi membuat orang menoleh, memberikan statement mode. Inilah yang menjadi fondasi Edbe collection,” tutur desainer berusia 41 tahun itu sebelum pergelaran koleksinya di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (4/10). Eddy menciptakan tampilan-tampilan penuh kebebasan yang tidak terkonstruksi oleh pakem. Gaya keseluruhannya unik, dilengkapi dengan detail-detail yang tidak biasa. Ia memang ingin mendorong generasi muda untuk benar-benar mencintai warisan budaya tersebut lewat busana-busana bergaya muda dan kasual khas gaya Asiatic. Dari blus longgar, blus berleher sabrina lebar tanpa lengan, gaun bervolume, jumpsuit atau celana terusan, juga celana sarung. Selain batik, pada sesi kedua pergelaran, Eddy-yang koleksinya sudah mencapai Australia dan Afrika Selatan--juga mengangkat koleksi serbahitam-putih dengan gaya dan keunikan serupa. Tenun hitam putih berdetail bordir berlubang-lubang,

busana yang dipadu celana sarung, celana pendek, dan celana panjang ikat dalam gaya celana karateka yang longgar, serta blus sederhana berpotongan unik ia tampilkan di sana.

Batik=cinta Eddy punya alasan sendiri tentang batik yang diolahnya menjadi busana-busana santai. “Melukiskan batik sebagai sesuatu yang penting layaknya udara. Begitu pun cinta. Jatuh cinta itu indah dan penuh warna, jadi saya ingin bebas bermain, menciptakan karya yang indah dan santai,” tuturnya. Dalam koleksi terbarunya itu, ia memang menampilkan motif-motif batik yang kaya dan beragam. Sang desainer mengeksplorasi warna-warna terang nan ceria, yang menurut dia merupakan terjemahan dari aksi speak up loud. Motif-motif batik diambilnya dari berbagai corak khas daerah-daerah di Pulau Jawa. Desainer berdarah Jambi itu pun menciptakan berbagai motif-motif baru yang khas dengan menggabungkan motif tradisional dengan motif kreasinya sendiri. Seperti corak mainan anak-anak, boneka matryoska, boneka jepang, bola-bola, telur paskah, dan bentuk hati saling bercampur seru. Tidak cukup hanya itu, Eddy juga menambahkan motifmotif berupa corak gedung, batik afrika, bunga-bungaan, serta jumputan. Semua tergabung begitu harmonis dengan komposisi yang tumpang tindih dalam bentuk batik tulis dan print di atas bahan-bahan katun dan rayon. Maka itulah Eddy Betty menyajikan satu alternatif, satu pilihan gaya batik yang tak mesti dikenakan secara formal dan kaku. (M-3) miweekend@mediaindonesia.com

BLITZ Koleksi Sepatu Liburan

Tren Anting-Anting Besar

MUSIM liburan akhir tahun akan segera tiba. Rencana liburan dan acara kumpul-kumpul bersama kerabat dan keluarga sudah mulai direncanakan. Penampilan pun menjadi faktor penting dalam acara-acara santai di akhir tahun, termasuk juga sepatu. Baru-baru ini, perusahaan sepatu Nike meluncurkan koleksi liburan 2011 terbarunya. Koleksi sepatu kali ini tampil dengan desain klasik melalui penggabungan bahan dan warna yang menarik. Koleksi itu terbagi menjadi koleksi Zoom Meriwether, Lunar Macleay, Air Moc, dan Air Approach. Semuanya tampil dengan bahan yang keras dan kuat, desain yang tegas, serta warna yang terang. Ada pula beberapa yang terdiri dari warna netral. Untuk bahan, Nike mencampuradukkan berbagai bahan sepatu seperti kulit dan bulu domba, yang paling cocok untuk digunakan pada musim dingin. Sebelumnya, Nike juga mengeluarkan koleksi liburan musim panasnya, yakni Lunar Air Flows, yang cukup populer dengan warnawarna yang menarik dan segar. (Style.com/ SN/M-3)

ANTING-ANTING berukuran besar dengan detail-detail unik sepertinya akan menjadi tren lagi di tahun mendatang. Pasalnya, gaya aksesori ini sudah mulai digandrungi dan difavoritkan beberapa selebritas maupun sosialita papan atas. Tengok saja beberapa stylist dan editor fesyen yang hadir dalam gelaran beberapa pekan mode, mulai New York hingga Paris, yang rata-rata dari mereka mengenakan beberapa antinganting besar. Salah satunya Joanna Hillman, editor senior Harper’s Bazaar. Ia mengenakan REUTERS anting cantik berbentuk jumbai dari sutra berwarna merah karya desainer Eddie Borgo, yang panjangnya menyentuh hingga pundak saat menghadiri pekan mode New York. Ada pula editor fesyen Giovanna Battaglia, yang memakai anting besar berwarna hitam dengan detail keemasan saat mengunjungi pekan mode di Milan. Sementara itu, model sekaligus sosialita, Olivia Palermo, mengenakan satu set anting zamrud dari enamel saat di Paris. Brand fesyen lainnya juga menawarkan koleksi anting besar dalam pekan-pekan mode ini, seperti Marni, Prada, dan Dolce Gabbana dengan berbagai ukuran jumbo. (Style.com/SN/M-3)

FOTO-FOTO: STYLE.COM

MENGGUNCANG PARIS: Busana desain Sarah Burton untuk koleksi Alexander McQueen spring/summer 2012 digelar di Paris Fashion Week, Selasa (4/10). Laman The Guardian menyebut koleksi Burton yang didominasi lace dan lipit dalam aura feminin ini ‘mengguncang Paris dengan keindahan yang ekstrem’. AP/JACQUES BRINON


14

H EALTH

MINGGU, 9 OKTOBER 2011

Jangan Sepelekan Pegal

HINDARKAN PEGAL: Warga berolahraga di Taman Suropati di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu. Cara terbaik membuat tubuh fleksibel dan tidak mudah pegal ialah dengan berolahraga rutin yang mengandung unsur stretching. MI/RAMDANI

Di balik rasa pegal sebenarnya ada petunjuk penyakit tertentu. Jangan lengah dan menganggapnya sepele. DINNY MUTIAH

R

ASA pegal, dr Michael Triangto SpKO menjelaskan, merupakan rasa nyeri yang tumpul dan dirasakan saat otot berkontraksi. Saat orang beristirahat, perasaan itu hilang dengan sendirinya. Rasa pegal juga bisa hadir dalam jangka waktu yang agak lama. Misalnya setelah berolahraga, rasa pegal tidak serta-merta timbul. Rasa itu baru terasa setelah 24 jam dan bisa bertahan hingga 72 jam. “Penyebabnya bisa karena trauma, otot dipakai berlebihan dan stres,” ujar Michael kepada wartawan dalam acara bertajuk Terus Aktif tanpa Nyeri Otot, yang diadakan Panadol Patch di Jakarta, beberapa waktu lalu. Sebenarnya, bukan hanya aktivitas dinamis seperti berolahraga

yang bisa menyebabkan rasa pegal, melainkan juga aktivitas statis. Pekerjaan sehari-hari yang dilakukan berulang-ulang dalam waktu yang lama pun bisa menimbulkan rasa pegal. Ini sesungguhnya terjadi karena selama beraktivitas, tubuh tidak mendapat pasokan oksigen yang mencukupi sehingga tubuh dido rong untuk menggunakan cadangan glukosa sebagai energi. Pemecahan glukosa itu menghasilkan asam laktat yang terkumpul di sekitar otot. “Pekerjaan sehari-hari sering kali dianggap bukan gangguan kesehatan. Jadi, kita kesulitan mendata berapa banyak orang Indonesia yang mengalami gangguan ini. Yang terlihat hanyalah pasien yang datang ke dokter. Itu pun kalau sudah sampai nyeri. Ini menjadi seperti fenomena gunung es,” sambungnya. Bagian otot yang mengalami pegal bergantung pada aktivitas yang dilakukan. Sebut saja jika terlalu lama mengetik di depan komputer, otot yang terasa pegal biasanya pada bagian bahu, bokong, dan tangan. Beda lagi jika aktivitas yang dilakukan ialah mengangkat bendabenda berat. Sasaran pegal biasanya

lutut, pinggang, dan bahu. Hal lainnya bisa terjadi karena posisi kita yang salah saat beraktivitas. “Badan kita selalu mempunyai daya adaptasi terhadap kesalahankesalahan yang ada. Pada awalnya, kita tidak merasakannya.

Pekerjaan seharihari yang dilakukan berulang-ulang dalam waktu yang lama pun bisa menimbulkan rasa pegal.” Belakangan, kita baru menyadari terjadi cedera yang menyebabkan peradangan. Karena peradangan itu, otot bisa memendek dan memengaruhi fleksibilitas gerak kita,” imbuhnya. Akibatnya, tentu saja, tubuh tidak dapat bergerak dengan leluasa. Bayangkan saja jika itu terjadi pada usia produktif. Pegal yang dianggap biasa bisa memengaruhi produktivitas kerja. Ujungujungnya, hal itu bisa mengurangi kualitas hidup. “Di Indonesia, populasi yang bekerja itu besar sekali. Kesalahan kecil yang dilakukan bisa berakibat

besar. Kalau kita peduli sejak awal, biaya hidup pun bisa ditekan,” kata Michael. Gejala penyakit Selain mengakibatkan tubuh tidak fleksibel, pegal juga bisa menjadi gejala penyakit tertentu. Pegal biasanya disebabkan kelelahan otot. Tapi, pada dasarnya bagian tubuh tidak hanya terdiri dari otot, tetapi juga syaraf. Jika otot diibaratkan sebagai bohlam, syaraf ialah listrik yang memijari bohlam. Terang atau tidaknya sinar yang dipancarkan bohlam bergantung pada kedua faktor tersebut. “Hati-hati jika Anda merasa pegal mulai dari bokong ke betis bawah. Jangan-jangan itu bukan disebabkan oleh bohlamnya, yaitu otot, tapi disebabkan oleh listriknya alias gangguan pada syaraf. Karena kan sifat pegalnya menjalar, melintas otot,” ujar dr Yuda Turana SpS kepada Media Indonesia, Selasa (27/9). Penyakit saraf yang umum diderita karena rasa pegal menjalar ialah hernia nucleus pulposus (HNP) atau lebih dikenal dengan sebutan syaraf terjepit. Tingkat bahayanya bergantung

pada kemampuan kita mengelola penyebab utama penyakit tersebut. Biasanya kondisi syaraf terjepit disebabkan oleh aktivitas yang dilakukan dengan posisi yang salah. Kalau dibiarkan, sambung Yuda, pasien bisa mengalami kelumpuhan. Rasa pegal juga bisa menandakan adanya infeksi bakteri atau virus dalam tubuh. Contoh penyakitnya, batuk dan pilek. Ada pula virus yang menginfeksi sumsum tulang belakang sehingga menyebabkan myelitis. Sebagaimana dikutip dari myelitis.org, myelitis adalah sindrom bagian syaraf yang disebabkan peradangan pada sumsum tulang belakang. Pasien akan merasa pegal di bagian punggung dan kedua kaki secara bersamaan. “Kram di kedua kaki itu terjadi bersama dan lama-lama melemah,” imbuh Yuda. (M-3) miweekend@ mediaindonesia.com

Perbaiki Posisi Tubuh dan Olahraga Rutin MENGINGAT banyak penyakit yang bisa dilacak lewat rasa pegal yang berbeda-beda, dr Yuda Turana SpS menekankan pentingnya mengenali sumber rasa pegal secara tepat. Jika pegal terasa menjalar, berarti ada posisi tubuh yang harus diperbaiki saat beraktivitas. Misalnya, jika harus mengambil barang berat, hindari membungkuk, melainkan tekuk lutut sehingga Anda bisa menjangkau dengan punggung tetap tegak. Atau, jika rasa pegal disebabkan oleh bakteri atau virus, berkonsultasi dengan dokter merupakan langkah tepat, selain meminum

obat yang diresepkan dokter. “Kalau ditangani tanpa mencari tahu penyebabnya dan hanya dipijat saja, itu tidak akan menghilangkan penyakitnya. Jadi, harus dipastikan dulu sumber penyakitnya apa,” tukas Yuda. Adapun rasa pegal yang disebabkan oleh kelelahan otot biasanya membutuhkan penanganan yang cukup mudah. Dokter Michael Triangto SpKO mengatakan bahwa istirahat menjadi resep utama untuk mengatasi rasa pegal seperti itu. Manusia, jelas dia, setidaknya membutuhkan jeda sekitar 24 jam sebelum kembali beraktivitas yang sama, apalagi jika rasa pegal sudah

berubah menjadi rasa nyeri. “Kesulitannya adalah manusia punya pikiran. Dia berpikir bahwa dia masih punya banyak pekerjaan sehingga rasa itu dibiarkan dan mencoba beradaptasi dengan keadaan. Tapi, bila diberi pengertian soal biaya yang akan dikeluarkan kalau dibiarkan, mereka akan mempertimbangkannya. Biaya untuk ke dokter minimal butuh Rp300 ribu-400 ribu. Belum lagi kalau ditambah si pasien punya gangguan lambung,” paparnya. Cara yang mudah dan bisa diterapkan untuk melepaskan rasa lelah terdiri dari banyak opsi. Pada dasarnya, semua perawatan berba-

sis pemanasan otot sehingga otot bisa rileks. Pijat, mandi air hangat, membaluri dengan balsam atau koyo bisa membantu pelemasan otot yang tegang. Namun, hal itu hanya menangani ujungnya saja. Olahraga yang mengandung unsur stretching, jika dilakukan teratur, menjadi cara jitu untuk membantu tubuh lebih fleksibel dan tidak mudah pegal. “Olahraga rutin bisa mereduksi rasa pegal tersebut. Olahraganya tentu bukan olahraga prestasi, tapi reguler agar tubuh fit,” tandasnya. (Din/M-3) MI/SUMARYANTO

Pendiri: Drs. H. Teuku Yousli Syah MSi (Alm) Direktur Utama: Rahni Lowhur-Schad Direktur Pemberitaan: Saur M. Hutabarat Direktur Pengembangan Bisnis: Alexander Stefanus Dewan Redaksi Media Group: Elman Saragih (Ketua), Ana Widjaya, Andy F.Noya, Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Djafar H. Assegaff, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Saur M. Hutabarat, Sugeng Suparwoto, Suryopratomo, Toeti Adhitama Redaktur Senior: Elman Saragih, Laurens Tato, Saur M. Hutabarat Deputi Direktur Pemberitaan: Usman Kansong Kepala Divisi Pemberitaan: Kleden Suban Kepala Divisi Content Enrichment: Gaudensius Suhardi Deputi Kepala Divisi Pemberitaan: Abdul Kohar Sekretaris Redaksi: Teguh Nirwahyudi Asisten Kepala Divisi Pemberitaan: Ade Alawi, Fitriana Siregar, Haryo Prasetyo, Ono Sarwono, Rosmery C.Sihombing Asisten Kepala Divisi Foto: Hariyanto

Redaktur: Agus Mulyawan, Anton Kustedja, Cri Qanon Ria Dewi, Eko Rahmawanto, Eko Suprihatno, Hapsoro Poetro, Henri Salomo Siagian, Ida Farida, Jaka Budisantosa, Mathias S. Brahmana, Mochamad Anwar Surahman, Sadyo Kristiarto, Santhy M. Sibarani, Soelistijono Staf Redaksi: Adam Dwi Putra, Agung Wibowo, Ahmad Maulana, Ahmad Punto, Akhmad Mustain, Amalia Susanti, Andreas Timothy, Aries Wijaksena, Aryo Bhawono, Asep Toha, Basuki Eka Purnama, Bintang Krisanti, Christina Natalia S, Cornelius Eko, David Tobing, Denny Parsaulian Sinaga, Deri Dahuri, Dian Palupi, Dinny Mutiah, Dwi Tupani Gunarwati, Edwin Tirani, Edy Asrina Putra, Emir Chairullah, Eni Kartinah, Eri Anugerah, Fardiansah Noor, Fidel Ali Permana, Gino F. Hadi, Heru Prihmantoro, Heryadi, Ignatius Santirta, Iis Zatnika, Irana Shalindra, Irvan Sihombing, Iwan Kurniawan, Jajang Sumantri, Jerome Eugene W, Jonggi Pangihutan M., K. Wisnubroto, M. Soleh, Mirza Andreas, Mohamad Irfan, Muhamad Fauzi, Nurulia Juwita, Panca Syurkani, Raja Suhud V.H.M, Ramdani, Ratna Nuraini, Rommy Pujianto, Selamat Saragih, Sidik Pramono, Siswantini Suryandari, Sitriah Hamid, Sugeng Sumariyadi, Sulaiman Basri, Sumaryanto, Susanto, Syarief Oebaidillah, Thalatie Yani, Tutus Subronto, Usman Iskandar, Wendy Mehari, Windy Dyah Indriantari, Zubaedah Hanum Biro Redaksi: Dede Susianti (Bogor) Eriez M. Rizal (Bandung); Kisar Rajagukguk (Depok); Firman Saragih (Karawang); Yusuf

Riaman (NTB); Baharman (Palembang); Parulian Manulang (Padang); Haryanto (Semarang); Widjajadi (Solo); Faishol Taselan (Surabaya) MICOM Asisten Kepala Divisi: Tjahyo Utomo, Victor J.P. Nababan Redaktur: Agus Triwibowo, Asnawi Khaddaf, Patna Budi Utami, Widhoroso Staf Redaksi: Heni Rahayu, Hillarius U. Gani, Nurtjahyadi, Prita Daneswari, Retno Hemawati, Rina Garmina, Rita Ayuningtyas, Yulia Permata Sari, Wisnu Arto Subari Staf: Abadi Surono, Abdul Salam, Budi Haryanto, Charles Silaban, M. Syaifullah, Panji Arimurti, Rani Nuraini, Ricky Julian, Vicky Gustiawan, Widjokongko DIVISI TABLOID, MAJALAH, DAN BUKU (PUBLISHING) Asisten Kepala Divisi: Gantyo Koespradono, Jessica Huwae Redaktur: Agus Wahyu Kristianto, Lintang Rowe, Regina Panontongan Staf Redaksi: Adeste Adipriyanti, Arya Wardhana, Handi Andrian, Nia Novelia, Rahma Wulandari CONTENT ENRICHMENT Asisten Kepala Divisi: Yohanes S. Widada Periset: Heru Prasetyo (Redaktur), Desi Yasmini S

Bahasa: Dony Tjiptonugroho (Redaktur), Aam Firdaus, Adang Iskandar, Mahmudi, Ni Nyoman Dwi Astarini, Riko Alfonso, Suprianto ARTISTIK Redaktur: Annette Natalia, Donatus Ola Pereda, Gatot Purnomo, Marjuki, Prayogi, Ruddy Pata Areadi Staf Redaksi: Ali Firdaus, Ananto Prabowo, Andi Nursandi, Aria Mada, Bayu Wicaksono, Budi Setyo Widodo, Dharma Soleh, Endang Mawardi, Fredy Wijaya, Gugun Permana, Hari Syahriar, Haris Imron Armani, Haryadi, Lisa Saputra, Marionsandez G, M. Rusli, Muhamad Nasir, Muhamad Yunus, Nana Sutisna, Novi Hernando, Nurkania Ismono, Permana, Putra Adji, Tutik Sunarsih, Warta Santosi Olah Foto: Saut Budiman Marpaung, Sutarman. PENGEMBANGAN BISNIS Kepala Divisi Marketing Communication: Fitriana Saiful Bachri Kepala Divisi Marketing Support & Publishing: Andreas Sujiyono Asisten Kepala Divisi Iklan: Gustaf Bernhard R Perwakilan Bandung: Arief Ibnu (022) 4210500; Medan: Joseph (061) 4514945; Surabaya: Tri Febrianto (031) 5667359; Semarang: Desijhon (024) 7461524; Yogyakarta: Andi Yudhanto (0274) 523167; Palembang: Andi Hendriansyah, Ferry Mussanto (0711) 317526, Pekanbaru: Bambang Irianto 081351738384.

Telepon/Fax Layanan Pembaca: (021) 5821303, Telepon/ Fax Iklan: (021) 5812107, 5812113, Telepon Sirkulasi: (021) 5812095, Telepon Distribusi: (021) 5812077, Telepon Percetakan: (021) 5812086, Harga Langganan: Rp67.000 per bulan (Jabodetabek), di luar P. Jawa + ongkos kirim, No. Rekening Bank: a.n. PT Citra Media Nusa Purnama Bank Mandiri - Cab. Taman Kebon Jeruk: 117-009-500-9098; BCA - Cab. Sudirman: 035-306-5014, Diterbitkan oleh: PT Citra Media Nusa Purnama, Jakarta, Alamat Redaksi/Tata Usaha/Iklan/Sirkulasi: Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat - 11520, Telepon: (021) 5812088 (Hunting), Fax: (021) 5812102, 5812105 (Redaksi) e-mail: redaksi@mediaindonesia.com, Percetakan: Media Indonesia, Jakarta, ISSN: 0215-4935, Website: www.mediaindonesia.com, DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK, WARTAWAN MEDIA INDONESIA DILENGKAPI KARTU PERS DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA ATAU MEMINTA IMBALAN DENGAN ALASAN APA PUN


15

MINGGU, 9 OKTOBER 2011

HOW

? TO

Deklarasi Bandung 1 Oktober 2011 Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat ‘Kami, perwakilan Tunza International Children and Youth Conference 2011, mewakili 126 negara, bersatu meminta seluruh pemimpin dunia untuk memulai langkah pembangunan berkelanjutan yang aman bagi Bumi dan masyarakat untuk generasi sekarang dan mendatang. Kami mendesak pemerintah untuk menindaklanjuti hal ini, dan tidak mengabaikan permintaan anak-anak dan pemuda.’ ‘Kami akan mendesak pemerintah untuk menjadikan Konferensi Bumi Rio +20 sebagai prioritas utama. Kami akan meninjau ulang posisi pemerintahan kami dan memastikan janji yang telah mereka buat kepada kami. Kami akan meminta pemerintah untuk mengimplementasikan kebijakan pembangunan berkelanjutan, sekaligus mengurangi angka kemiskinan, yang didukung dengan penegakan hukum yang kuat.’

Sambutan dari perwakilan delegasi remaja. DOK. UNEP

Bandung, Satukan Indonesia dan Dunia

‘Penerapan gaya hidup yang berkelanjutan dan mendidik komunitas lokal serta masyarakat setempat untuk saling berbagi ilmu. Setelah melihat banyaknya generasi muda yang belum peduli dengan isu lingkungan karena pendidikan yang kurang layak, kami akan meminta sekolah memasukkan kepedulian lingkungan sebagai bagian dari kurikulum sekolah di tempat kami.’ Delegasi Indonesia sedang berdiskusi. MI/HERVINNY WONGSO

‘Kami akan bekerja menuju pembangunan berkelanjutan melalui gerakan ekonomi hijau (green economy). Kami percaya penerapan ekonomi hijau akan memperlakukan manusia dengan baik, kesamaan sosial, pertumbuhan ekonomi, dan keselamatan lingkungan dalam tingkat yang sama. Ini adalah kerangka terpadu yang dapat mempertemukan kebutuhan masa kini sambil menyiapkan generasi mendatang.’ Sahabat Move, ini hanya beberapa dari sekian banyak poin Deklarasi Bandung. Untuk lebih lengkapnya, silakan dibaca di situs www.unep.org. (M-6)

KKegiatan egiatan yyang angg bberlangsung erlangsung sselama elama 5 hari ini bbukan ukan pembahasan pembbahasan lingkungan lingkungan biasa, sebab telah mengukir cerita baru bagi generasi Indonesia!

Presentasi workshop anak-anak. DOK. UNEP

HERVINNY WONGSO

S

OPINI MUDA

EKITAR 57 tahun lalu, Bandung ditetapkan sebagai tempat penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Afrika, yang dihadiri lebih dari 26 perwakilan negara di dunia. Pertemuan selama 1 minggu tersebut menghasilkan Dasasila Bandung, dengan sejumlah poin tentang kerja sama dan perdamaian dunia. Bulan ini, agenda tingkat dunia kembali diadakan di kota yang sama. Bahkan, dengan jumlah peserta yang lebih banyak. Agendanya, membahas keberlangsungan lingkungan hidup di seluruh belahan dunia. Bertempat di Gedung Sasana Budaya Ganesha, ITB, Bandung, lebih dari 1.100 peserta mengikuti acara Tunza International Children and Youth Conference on the Environment 2011. Kegiatan dua tahunan itu merupakan salah satu program United Nation of Environmental Program (UNEP), bekerja sama dengan beberapa badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) lainnya, seperti UNICEF dan ILO. Selama 5 hari penuh, para partisipan dari 100 negara dilibatkan dengan berbagai pertemuan hingga kunjungan ke lokasi pelestarian lingkungan di daerah Jawa Barat. “Berbagai tantangan mulai dari keamanan pangan dan energi, kerusakan tanah, perubahan iklim, hingga pertumbuhan populasi yang semakin

meningkat menjadi panggilan bagi kita agar segera melakukan perubahan sikap dan gaya hidup untuk menyelamatkan lingkungan, demi generasi mendatang,” pesan Wakil Presiden Boediono dalam pembukaan Tunza, Senin (26/9). Secara umum, konferensi diisi dengan diskusi umum dan sekitar 20 workshop setiap harinya. Dalam workshop yang terbagi menjadi kategori anak (10-14 tahun) dan remaja (15-24 tahun) inilah partisipan berkesempatan untuk mengungkapkan pendapat sekaligus bertukar pikiran dengan peserta negara lain. “Gue suka banget dengan workshop yang membahas tentang praktek proyek lingkungan. Pembicaranya dari lembaga yang memberikan dana untuk proyek lingkungan. Kita dapat banyak ilmu untuk do’s and dont’s saat presentasi proyek,” cerita Febrian. Move sempat mengikuti salah satu sesi diskusi umum yang membahas tentang keberadaan lingkungan dan hutan secara global, bersama pembicara perwakilan UNEP dan perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup. Dalam sesi ini, partisipan asal Singapura, India, Brasil, Australia, dan Peru memberikan presentasi tentang proyek lingkungan yang telah mereka lakukan di negaranya. “Kita ingin menggugah pemerintah setiap negara agar mulai berhenti berwacana dan mulai beraksi untuk Bumi,” tegas Yugratna Srivastava, pencetus

organisasi internasional Plant for The Planet, yang baru berusia 15 tahun. Kesempatan bertemu dengan partisipan dari berbagai negara juga menjadi daya tarik bagi para peserta. Tidak hanya Indonesia, partisipan luar negeri ternyata juga terkesan dengan pengalaman selama di Bandung. “Ini adalah kunjungan pertama saya di Indonesia. Masyarakatnya sangat ramah. Kota ini juga punya nilai budaya sangat tinggi. Saya sangat menikmati waktu selama di sini,” papar Richard Merritt, Duta Tunza Amerika tahun 2009.

Deklarasi Bandung Memasuki hari terakhir konferensi, para peserta diajak untuk mendiskusikan rumusan Deklarasi Bandung, yang merupakan salah satu agenda utama dalam konferensi dua tahunan ini. Berawal dari keresahan tiap negara terhadap lingkungan mereka, dirumuskanlah beberapa rancangan untuk deklarasi ini. Selama 2 hari penuh, peserta diajak untuk aktif menyuarakan pendapat mereka. Menjelang hari terakhir, setiap negara pun mendapat waktu 1 menit untuk menyampaikan masukan atau revisinya berkaitan dengan rumusan yang telah didapat. Indonesia juga tidak ketinggalan angkat bicara dalam memberikan masukan dalam salah satu poin rumusan. Terhadap deklarasi ini, sempat muncul kekecewaan dari beberapa

SEKARANG, aku sudah punya banyak rencana untuk menerapkan apa yang didapatkan selama di Tunza. Salah satunya, mengurangi penggunaan kertas dalam perkuliahan. Kalau bisa hemat, kenapa harus buang-buang kertas? Yogyakarta sendiri juga punya permasalahan lingkungan yang cukup besar, khususnya untuk polusi udara dari angkutan umum. Karena itu, aku berharap ada pihak yang memperhatikan dan mau memperbaiki keadaan ini. Ananta Aldi Ariffianto Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

peserta karena rumusan deklarasi telah disiapkan cukup matang oleh panitia, tanpa terlalu banyak melibatkan peserta. “Agak sayang sih karena kita sudah diberikan draf yang cukup komplet, bukan dari nol,” tutur Gina Karina, partisipan asal Jakarta. Meski demikian, mahasiswi yang tergabung dalam Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (Kophi) itu tetap mengaku puas bisa terlibat dalam konferensi Tunza. “Aku senang karena kita mendapatkan banyak ilmu dari pembicara yang betul-betul expert di bidangnya,” ujar Gina. Menjelang penutupan acara yang diadakan di Gedung Merdeka, delegasi dari Indonesia Gracia Paramitha dan delegasi Bermuda Jahmali Bridgewater membacakan dengan lantang Deklarasi Bandung di hadapan peserta serta para undangan, seperti Menteri Lingkungan Hidup, Gusti Muhammad Hatta, perwakilan UNEP pusat, serta Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf. Pada 2012 mendatang, hasil Deklarasi Bandung akan dibawa ke Konferensi Bumi Tingkat Dunia Rio +20. Dalam konferensi yang berlangsung di Brasil itulah deklarasi akan disampaikan kepada pemimpin negara di dunia agar menjalankan program menuju pelestarian lingkungan. Ya! Semoga agenda besar ini tidak hanya akan menjadi sejarah bagi Kota Bandung, tapi juga membawa perubahan bagi dunia! (M-6)

KARENA tidak bisa izin kuliah, jadi aku baru ikut kegiatan ini di hari ketiga. Agak sayang juga sih enggak bisa ikut dari awal. Ternyata banyak banget yang dipelajari dari konferensi ini, khususnya tentang kondisi lingkungan daerah lain di Indonesia bahkan kondisi dunia. Aku paling suka sesi field trip di daerah Pengalengan. Baru tahu, kalau ada yang namanya pembangkit listrik tenaga bumi geothermal. Menambah wawasan banget deh acara ini. Jenni Christi Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial, Bandung

FOTO-FOTO: DOK. PRIBADI

Lebih dari 100 negara menghadiri Tunza. DOK. UNEP

Menegangkan tanpa Hantu-hantuan SELAMAT untuk Irvan Permana dari Universitas Muhammadiyah, Pekan Baru, Riau, yang terpilih sebagai pemenang Move Quiz edisi 25 September 2011. Irvan mengonsep sebuah film dengan setting tempat di kampung halamannya, Padang, Sumatra Barat. Filmnya sendiri dilatarbelakangi oleh peristiwa gempa besar yang terjadi di Padang. Pada suatu waktu, gempa berkekuatan 9,7 SR menimpa Padang. Pascagempa, nyaris tak ada sesuatu yang utuh di Tanah Minang. Tokoh utama film ini, Eksha, adalah siswi SMA yang baru saja merayakan ulang tahun ke-17. Eksha terperangkap dalam reruntuhan gedung sekolah selama tiga hari tiga malam. Saat terjebak di balik reruntuhan itulah suasana menegangkan dan menakutkan layaknya film horor ditampilkan. Keadaan tertekan dan pergulatan batin yang dialami tokoh utama berbaur dengan suasana mencekam dan gelap pascagempa. Meski akhirnya berhasil dievakuasi, Eksha mengalami trauma dan guncangan jiwa. Apalagi ia kehilangan orang-orang yang ia sayangi. Meski konsep film bernuansa muram, Irvan tetap berupaya memberi pesan moral dalam filmnya, yakni tentang keikhlasan. Sekali lagi selamat untuk Irvan. Semoga niat kamu untuk membuat ide cerita ini menjadi buku dan film tercapai, ya! Buat Sahabat Move, jangan ketinggalan untuk mengikuti tantangan Move Quiz berikutnya. (Dip/M-6)


18

MINGGU, 9 OKTOBER 2011

Satu Dasawarsa

SMAK 7 Penabur Memperingati 10 tahun hari jad jadi di SMAK 7 Pena Penabur abur b bukan ukan ssemata emata ad dengan bersenang-senang. Lebih dari itu, ini menjadi ajang untuk menambah ilmu sebagai bekal masa depan.

T

IDAK terasa SMAK 7 Penabur sudah satu dasawarsa berdiri. Dalam memperingati hari jadinya yang ke-10, sekolah ini mengadakan acara bernama Affection (Aksen’s Festival of Sports, Technology and Education) selama satu pekan, 2-8 Oktober. Sejumlah acara mengisi peringatan ini, dari lomba, talkshow, IT workshop, bakti sosial, hingga pameran pendidikan. Sebagai sekolah yang berbasis information technology (IT), siswa-siswi SMAK 7 Penabur kali ini mendapat kesempatan untuk mengasah berbagai keterampilan lewat IT workshop. “Saya mengambil workshop 3D Max, oleh kakak pengajar yang memang ahli di bidang 3D. Menyenangkan!” cerita Sherley, siswi kelas XI. Selain Sherley, sejumlah siswa juga mengungkapkan ketertarikan mereka terhadap kegiatan saat itu. Di antara empat IT workshop yang diadakan, yakni web design, video editing, 3D, dan game maker, editing menjadi salah satu workshop yang digemari siswa. “Saya ikut workshop video editing dengan program Adobe Premiere Pro. Awalnya sih sulit karena ini pertama kalinya saya mengedit video. Tapi setelah dicoba, ternyata bisa kok, jadi pengen coba sendiri lagi. Hehe,” tambah Louise, siswa kelas XI. Tidak hanya pelatihan IT, panitia juga mengadakan lifeskill workshop seperti batik, make-up, fotografi, broadcast TV dan radio, handicraft atau kerajinan tangan, sablon kaus, recycle atau membuat kerajinan dari bahan bekas, aeromodelling, event organizer, dan gambar animasi. Di situ, para siswa ditantang untuk melakukan praktik, antara lain membuat film, menjadi kamerawan,

pembawa berita, dan reporter. Untuk yang berminat dengan bidang animasi, ada pula seminar Komik Animasi. Bagi yang tertarik dengan ekonomi, diadakan seminar Kreatif Ekonomi atau Pasar Modal. Ada pula acara Temu Pengarang, EQ dan IQ, Pilihan Karier, Pembentukan Karakter, dan masih banyak lagi. Selain merayakan ulang tahun, acara ini juga menjadi agenda tersendiri bagi siswa kelas tiga, khususnya lewat pameran pendidikan. Apalagi dengan kehadiran sejumlah universitas di Jakarta dalam edufair kala itu, para siswa mendapat kesempatan untuk mencari tahu lebih banyak tentang pilihan universitas yang bisa mereka tuju. Aksi sosial juga mewarnai peringatan

Tim penulis: Marcella, Natasya Karina, Cynthia Josephine Kosasih, Putri Mega Pertiwi, Theodora Majorie Chastine Hatu, Elisia, Sherley, dan Tasya, Afrilianita. FOTO-FOTO: DOK. VINA PUSPITA

Menjadikan Indonesia Lebih Baik Lagi

Para pemenang ICT Award 2011, berfoto bersama. ANAK Indonesia ternyata tidak kalah kreatif dengan mereka yang ada di luar negeri. Terbukti, dalam dua hari pameran Indonesia ICT AwardINAICTA 2011 di Jakarta Convention Center (JCC), 4–5 Oktober lalu, sejumlah kreasi digital anak bangsa menuai decak kagum dari khalayak teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan masyarakat umum. Betapa tidak, mulai software pelacak kendaraan hingga gim memelihara hewan langka secara virtual hasil karya siswa-siswa sekolah dasar hingga mahasiswa perguruan tinggi ada di ajang tersebut. Kalau ditotal, ada 110 dari 1.765 karya yang didaftarkan sejak delapan bulan lalu. Kreativitas dan imajinasi yang ditampilkan anak-anak muda Indonesia itu pun menuai pujian dari Menkominfo Tifatul Sembiring yang hadir. “Ternyata Indonesia tidak kalah dengan bangsa lain, kita memiliki sumber daya manusia yang luar biasa kreatif,” kata Menkominfo saat menutup acara. Untuk tingkat sekolah dasar, aplikasi bernama Anak Sehat Suka Makan Buah Lokal, karya Jovidia Laviosa dari Sekolah Komputer Anak Cinta Indonesia Bandung, menjadi juara

pertama. Salah satu yang mengundang decak kagum pengunjung ialah karya Chaidar M dan Mega Fatimah, siswa MTs 24 Manislor, Kabupaten Kuningan. Karya mereka, yang berjudul Inerts-Sistem Pelacak Berbasiskan GPS dengan Dukungan Dead Reckoning, berhasil memukau dewan juri yang kemudian memilih mereka sebagai pemenang kategori SMP Aplication. Melalui sistem GPS-GSM dengan software GIS, Inerts hasil karya Chaidar

Lomba robotic.

FOTO-FOTO: MI/RULIANI FITRI

M dan Mega Fatimah itu bisa digunakan sebagai alat pelacak kendaraan atau barang-barang pribadi yang hilang. Hebatnya lagi, hardware, berupa modul GPS dan GSM yang dilengkapi perangkat sensor 3D dan sensor magnetik 3D, membuat Inerts tetap bisa digunakan meskipun GPS tidak mendapatkan sinyal. Keren kan? Di samping Chaidar M dan Mega Fatimah, untuk kategori SMA atau SMK Application ada Septian Dwi Putra dan M Chaerurrezky Iqbal yang

tampil sebagai jawara. Dengan ide dasar memadukan sifat-sifat pelajar yang hobi main gim dan malas belajar, dua siswa SMA 3 Bandung itu menciptakan sebuah gim berjudul Power & Intelligence! Gim karya mereka itu tergolong unik, seperti Inventoru, yang berbeda dari RPG biasa, dan battle, dengan menggunakan pelajaran sekolah sebagai sumbernya. “Kebanyakan dari pelajar suka bermain gim dan benci belajar. Oleh karena itu, untuk memadukan kedua hal tersebut, kami membuat sebuah gim yang dapat dimainkan sambil juga memaksa siswa untuk belajar,” kata mereka. Untuk tingkat perguruan tinggi, ada tiga kategori yang dilombakan, yaitu Application, Audio Visual Digital & Animasi, dan Digital Interacted Media. Untuk kategori Application, tim dari Institut Teknologi Telkom (ITS) berhasil menjadi juara dengan karya mereka, Sparkins-Aplikasi Berbasis Sentuh untuk Pembelajaran Mesin Tik Perkins bagi Anak-Anak Penyandang Tunanetra. Untuk kategori Audio Visual Digital & Animasi, tim asal Universitas Bina Nusantara berhasil menjadi yang terbaik dengan karya mereka, Marsol. Untuk kategori terakhir tingkat perguruan tinggi, Digital Interacted Media, berhasil dimenangi tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB), yang membuat karya Virtual Pet: Sebuah Aplikasi Game Multi-Modal Memelihara Binatang Langka. Semua pemenang selanjutnya akan dikirim untuk mengikuti kompetisi serupa di tingkat Asia Pasifik. “Selamat untuk para pemenang, semoga hasil karya-karya mereka dapat berguna untuk bangsa Indonesia,” kata Menkominfo. (M-6)

satu dasawarsa SMAK 7 Penabur, seperti kunjungan ke dua panti asuhan, aksi penanaman pohon guna menghijaukan lingkungan sekolah, dan donor darah. Sayangnya, dari target awal 75 orang, yang terkumpul hanya 69 orang yang layak sebagai pendonor. Padahal ada 100 pendonor yang mengikuti tes darah. Sebagai penutup acara 1 Dasawarsa SMAK 7 Penabur, tepat pada 8 Oktober diadakan peresmian ikatan alumni pertama di Penabur. “Semoga kegiatan ini bisa menjadi ajang kreativitas bagi para siswa, supaya lebih aware dengan pengembangan teknologi terkini,” papar Ravi, salah satu panitia Affection. (M-6)


17

MINGGU, 9 OKTOBER 2011

Merintis Bisnis

bersama Sahabat Kawan baik tidak hanya asyik dijadikan teman bermain, untuk berbisnis juga bisa! HERVINNY WONGSO

T

ERGABUNG menjadi anggota Keluarga Paduan Angklung (KPA) menjadi cikal bakal pertemuan mereka. Saat itu, Ivan Kurniawan, mahasiswa teknik informatika, tertarik pada permainan angklung saat acara penerimaan mahasiswa baru. Adapun Maretta Astri Nirmanda memang telah akrab dengan alat musik ini sejak SMA. Saat itu pula, keinginan untuk berwirausaha samar-samar mulai

muncul di benak keduanya. Tak lama berselang, Ivan menemukan adanya kompetisi rencana bisnis kreatif. Dengan bergabung bersama Gilang M Iqbal, yang juga kini menjadi bagian dari produksi mereka, ketiganya pun maju ke kompetisi tersebut. Ide batik denim Lazuli Sarae ternyata membawa tim ini meraih juara 2 kompetisi rencana bisnis kreatif. Sejak itu, Ivan dan Retta semakin memantapkan hati, bekerja sama menjadi pengusaha muda.

Kenapa batik, enggak yang lain aja? Retta (R) : Jujur, karena waktunya mepet, batik memang paling praktis. Aku sendiri punya produk rajutan, tapi tidak mungkin diselesaikan dalam waktu 2 hari. Karena kita harus memberikan produknya dalam bentuk jadi, batik adalah pilihan yang paling tepat. Untuk menghasilkan uang, bukannya jalur mainstream lebih menghasilkan?

Ivan (I) : Kita sudah memikirkan itu. Karena itu, kita enggak mau ganti-ganti bisnis. Tapi, kita akan rrancang ini sesuai kini. Sesuai dengan dengan gaya masa kin spirit kita, ‘local value, modern spirit’. membayangkan bahwa kaPernah membayan bidang ini? lian akan serius di bi menjalani apa pun, iya. R : Serius menjala belum kebayang di Tapi, waktu itu belu umur bagian mana. Dulu planning-nya, pla berkeluarga, hehe. 25 tahun sudah ber menjalani ini, semua jadi Tapi setelah menjalan berubah. Kadang ak aku berpikir agak berubah terlambat memulai ini. Seandainya bisa mulai 5 tahun lalu, mungkin lebih baik. Cuma ya, kenapa baru dikasih sekarang, mungkin memang sekarang baru siap. Kalau dikasih 5 tahun lalu, pasti masih labil juga untuk meng-handle bisnis ini. Bukannya susah ya bisnis dengan teman sendiri? I : Mungkin ada merasa susah, tapi aku berharap kami adalah bagian dari mereka yang bisa membangun kerja sama yang baik dengan teman. R : Mungkin memang agak susah, kalau kasusnya temannya yang kurang profesional. Makanya prinsip kita, kalau bete, bete aja, tapi kerja ya kerja. Kuncinya apa kerja samanya bisa lancar? R : Jangan hanya semangat doang di awal. Dari awal ditekankan, mau diseriusin apa enggak. Kalau mau serius, ya diomongin dari awal. Pakai teman juga perlu pakai surat perjanjian. Mungkin dalam praktiknya enggak semudah itu, tapi setidaknya itu adalah salah satu cara menjaga profesionalisme. I : Kalau aku, yang penting komunikasi. Jangan segan kalau ingin menyampaikan apa pun, karena setiap orang punya pikiran yang berbedabeda. Apa pun bisa diceritakan, urusan pribadi atau kerjaan. Sharing is one thing. Kalian pakai surat perjanjian juga? R : Pakai. Kalau antara aku dan Ivan, masa kerjanya enggak terbatas, hehe. Kalau yang lain, minimal setahun, karena ada review setiap tahun. Optimistis bisnis kalian bisa berkembang? I : Kita ingin sekali membawa produk kita dikenal secara global. Orang luar negeri mungkin enggak tahu batik. Makanya, kita gunakan media denim, jins, yang sudah globally accepted. Dari sana, kita masukkan unsur batik. Setelah produk sudah mereka gunakan, baru kita ceritakan bahwa yang mereka kenakan punya nilai histori. Insya Allah bisnis ini akan terus maju.

MI/ROMMY PUJIANTO

IVAN KURNIAWAN

ASTRI NIRMANDA

Tempat Tanggal Lahir: Prabumulih, 21 September 1986

Tempat, tanggal lahir: Jakarta, 22 Maret 1986

Pendidikan: Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung, 2009

Pendidikan: Jurusan Griya Tekstil Institut Teknologi Bandung, 2009

Prestasi: 6Co-owner dan Direktur Lazuli Sarae, 2011 6Pelajar terbaik dalam program pertukaran pelajar University of Electro-Communication, Jepang, 2008

Prestasi : 6Co-owner dan Kepala Desainer Lazuli Sarae, 2011 6Runner-up pertama Imagine Cup Software Design Country Final, 2008

Apa arti Lazuli Sarae untuk kalian? R : Aku melihat ini sebagai berkat dan tantangan. Menjadi desainer adalah sesuatu yang pernah aku impikan, tapi tidak benar-benar aku minta. Makanya aku bilang itu berkat. Ketika dikasih, ini menjadi tantangan. Sebagai desainer, aku juga tertantang untuk men-deliver produk sesuai dengan keinginan orang. Apalagi ketika diburu untuk melahirkan desain baru. Karena selalu ada tantangan, muncul excitement yang sangat besar untuk menyelesaikan ini. Meskipun enggak sesuai dengan target yang diinginkan, itu yang terbaik dari yang bisa kita kerjakan. I : Ini adalah tempat untuk mewujudkan ide yang muncul. Kedua, pengembangan diri. Aku belajar banyak, khususnya dalam hal komunikasi. Berkat masukan teman-teman, aku jadi berubah juga. Ketiga, tempat share. Meskipun enggak dapat solusi, minimal mereka menjadi pendengar yang baik. (M-6)

EVENT

MI/RULIANI FITRI

Festival Tiga Budaya APA jadinya bila sastra Inggris, Jepang, dan China dijadikan satu? Tentunya akan menarik, lo. Seperti yang dilakukan Universitas Bina Nusantara (Binus) dalam rangka peringatan 30 tahun kampusnya. Ajang ini bukan semata untuk senang-senang, melainkan juga mempersiapkan mahasiswa mereka untuk menghadapi dunia global yang penuh persaingan. “Acara yang berkaitan dengan serangkaian 30 tahun Binus ini bertujuan agar nantinya mahasiswa siap menghadapi dunia kerja,” tutur Marketing Communication Staff Binus Hady Tristanto kepada Move, di sela Cultural and Language Festival di kampus kijang Binus, Kamis (29/9). Peserta yang hadir bukan semata dari kalangan mahasiswa, melainkan juga perwakilan dari beberapa perusahaan. “Dalam kegiatan ini kami akan membuka Forum Group Discussion (FGD) sebagai feedback bagi kami agar mahasiswa siap untuk terjun ke dunia kerja nantinya,” ujar Boto Simatupang, Vice Rector IV-Collaboration and Institutional Development. Berbagai acara mengisi ajang tersebut, seperti penampilan beberapa mahasiswa yang bercerita pengalaman mereka dengan tiga bahasa, yakni Jepang, China dan Inggris. Juga ada pertunjukan Taiko yang dimainkan oleh tujuh orang. Penampilan terakhir dari sastra Inggris menampilkan drama singkat yang berisikan sebuah ilustrasi yang dibawakan Ganang Sadewa yang berjudul Red Magic. Selain itu mereka juga mengadakan bazar makanan khas dari China, Jepang, dan Inggris. (*/M-6)

EKSIS

DOK. AMALIA ANINDA

Mahasiswa Peduli Hutan INTERNATIONAL Forest Students (IFSA) merupakan wadah untuk para mahasiswa kehutanan yang ada di seluruh dunia. Indonesia memiliki tiga universitas yang tergabung dalam IFSA, yaitu Local Committee (LC) IPB (Bogor), LC UGM (Yogyakarta), dan LC UNLAM (Bandar baru, Kalimantan). Untuk di IFSA LC UGM sendiri anggota yang terdaftar sekitar 30 orang. Mereka aktif mengirimkan anggotaanggota mereka sebagai delegasi pada ajang internasional, yang berhubungan dengan konferensi internasional yang berkaitan dengan pembuatan kebijakan tentang hutan di masa depan bersama dengan mahasiswa kehutanan dunia yang tergabung dalam IFSA. Anggota LC UGM juga terpilih sebagai perwakilan Indonesia dalam pengurus IFSA World pada 2011, Council IFSA, Sub-Head of UNCBD dan LO ITTO. Berbagai kegiatan dilakukan LC UGM, seperti Kampanye kesadaran hutan publik dan seminar. “Think out of the box! Sebagai mahasiswa kita harus mencoba keluar dari zona nyaman kita dengan berpikir secara luas dan global. We can do so much more for the world if we there to take an action,” ungkap Presiden IFSA LC UGM Amalia Anindia. “Semoga Indonesia bisa dikenal di dunia sebagai Zamrud Khatulistiwa, negeri hijau yang hutannya lestari, bukan karena tingginya angka kerusakan hutan dan illegal logging-nya. “Sambung Amalia Anindia. (*/M-6)

Dari Bandung untuk Bumi

B

ANDUNG kota penuh sejarah. Lima puluh tujuh tahun lalu, tempat ini menjadi tempat pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Afrika. Kini Bandung kembali menorehkan sejarah baru. Kali ini sejarah tidak dibuat para petinggi dunia, tapi melalui anak muda dari 126 negara. Sekitar 1.100 peserta turut serta dalam Tunza International Children and Youth Conference on the Environment 2011. Kegiatan dua tahunan itu merupakan salah satu

program United Nation of Environmental Program (UNEP), bekerja sama dengan beberapa badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) lainnya, seperti UNICEF dan ILO. Selama lima hari penuh, para partisipan dilibatkan dengan berbagai pertemuan hingga kunjungan ke lokasi pelestarian lingkungan di daerah Jawa Barat. Di akhir acara akhirnya tercetus Deklarasi Bandung. Deklarasi itu diharapkan dapat membantu pelestarian lingkungan di dunia. Itu juga ditargetkan dapat

mengingatkan pemerintah untuk memulai langkah pembangunan yang ramah dan aman bagi bumi. Selain itu, pemerintah dalam pembangunan berkelanjutan melaksanakan gerakan ekonomi hijau (green economy). ‘Kami percaya penerapan ekonomi hijau akan memperlakukan manusia dengan baik, kesamaan sosial, pertumbuhan ekonomi, dan keselamatan lingungan dalam tingkat yang sama. Ini adalah kerangka terpadu yang dapat mempertemukan kebutuhan masa kini sambil menyiapkan

generasi mendatang’, salah satu bunyi deklarasi Bandung itu. Sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan anak muda untuk kelestarian lingkungan. Ingin tahu lebih lanjut tentang apa saja yang dilakukan perwakilan Indonesia di Tunza dan langkah mereka selanjutnya untuk lingkungan? Simak obrolannya di The Now Generation on the Move, Kamis, 13 Oktober 2011, pukul 20.00 WIB, bersama Marsha Trax FM dan Move Media Indonesia. Stay tune at 101.4 Trax FM Jakarta! Don’t miss it! (Rin/M-2)

en. e r g k n i “Th ely, v i t c e f Ef tly.” efficien ta uryawina arsha S Host: M

LIVE INTERAKTIF, KAMIS, 13 OKTOBER 2011 20.00-22.00 WIB ON 101.4 TRAX FM


18

MINGGU, 9 OKTOBER 2011

Yuk, Kenali Batik I

CARI TAHU YUK!

Surat-menyurat MUNGKIN banyak di antara teman-teman belum tahu bahwa 9 Oktober itu ditetapkan sebagai Hari Surat-menyurat Internasional (World Post Day). Kenapa 9 Oktober? Sebab pada tanggal inilah Serikat Pos Dunia (Universal Post Union) didirikan, tepatnya pada tahun 1874. Kini, lebih dari 180 unit pos negara sudah tergabung dalam serikat itu. Hmm, mungkin kamu yang lahir di tahun 2000-an atau 90-an akhir tidak terlalu akrab dengan kantor pos dan surat-menyurat. Komunikasi jarak jauh melalui teks yang dulu dilakukan dengan surat dan kartu pos kini memang semakin tergantikan oleh surat elektronik (e-mail), pesan singkat (SMS), dan online messenger. SENO

Sejarah pos Indonesia Bila berbicara soal surat-menyurat, ternyata Indonesia juga punya sejarah yang cukup panjang, lo! Kegiatan surat-menyurat di Indonesia sudah dimulai sejak zaman Kerajaan Majapahit, Sriwijaya, dan Tarumanegara. Huruf yang digunakan adalah huruf Palawa. Surat-surat beredar di kalangan biarawan dan bangsawan seiring dengan masuknya Hindu dan Buddha di Indonesia. Media yang digunakan antara lain batu, kayu, kulit kayu, potongan bambu, daun lontar, dan kulit binatang. Kedatangan Belanda ke Indonesia turut memengaruhi perkembangan surat-menyurat di negara ini. Saat ini, kegiatan surat-menyurat mulai

menggunakan kertas. Jasa pengiriman surat yang dinamai kantor pos pun mulai diperkenalkan. Pada 26 Agustus 1746, dibangunlah kantor pos resmi pertama di Jakarta oleh Gubernur Jenderal GW Baron van Inhoff. Pada masa pemerintahan Daendels, dibangun jalan raya pos Anyer-Panarukan pada 1809 yang diselesaikan dalam satu tahun. Jalan itu terbentang sepanjang pantai utara Jawa Barat hingga Jawa Timur. Pembangunan tersebut terinspirasi oleh pembangunan jalan pos di Kekaisaran Romawi dengan nama Cursus Publicus. Seiring waktu, terjadi perkembangan dalam dunia pos, seperti adanya tarif untuk pos yang melalui laut. Setelah Indonesia merdeka, terjadi pengambilalihan Jawatan Pos Telegraf dan Telepon (PTT) dari tangan Jepang pada 27 Desember 1945. Kemudian diperingati sebagai Hari Bakti Postel. Sejak saat itu, terjadi perombakan sistem pos yang ada, termasuk perluasan wilayah yang sulit dijang-

kau. Kini, kemajuan teknologi memang semakin menggeser peran jasa pos. Jika dulu banyak orang mencari teman baru di luar daerah dengan bersahabat pena, kini melalui media sosial seperti Facebook kamu bisa berkenalan dan berkomunikasi dengan banyak orang dari berbagai tempat. Meski demikian, komunikasi lewat pos tetap punya makna khusus di hati orang-orang, lo. Misalnya, ketika kamu menerima kartu ucapan selamat hari raya yang dibikin sendiri oleh temanmu, pasti kamu akan merasa hal itu lebih istimewa daripada satu ucapan melalui SMS yang dikirimkan ke banyak orang bukan? (Dip/M-6)

ANTARA/ARI BOWO SUCIPTO

KIRIM SURAT : Seorang anak memasukkan surat ke bis surat di Kantor Pos Malang, Jawa Timur, beberapa waktu lalu. Pengenalan tentang tata cara pengiriman surat.

T

EMAN-TEMAN tentu masih ingat pada 2 Oktober 2009 batik Indonesia ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Tentu saja penghargaan itu harus kita jaga dan manfaatkan dengan baik. Nah, pada Rabu, 5 Oktober 2011 lalu, aku Steffanie Tanakoman dari SDK 10 Penabur Jakarta mewawancarai Putri Batik 2011, Sheila Purnama Bulan, seputar pelestarian batik. Berikut petikan wawancaraku dengannya. Kak, kenapa perlu ditetapkan Hari Batik Nasional? Itu tujuannya mengingatkan adik-adik kecil sampai orang dewasa untuk ingat bahwa batik adalah budaya yang kita punya. Jadi, jangan sampai lupa kalau kita tuh punya batik. Oh, begitu. Lalu apa sih yang perlu diketahui anak-anak Indonesia mengenai batik? Yang perlu diketahui anak-anak Indonesia adalah batik itu dibuat langsung oleh leluhur kita. Jadi, batik tuh punya sejarah sampai motif-motifnya pun punya cerita. Kalau menurut Kakak, apa keunikan batik? Seperti yang kamu tahu, batik itu dibuat memakai canting dan malam dan itu dibuat dengan cara ditulis. Jadi, batik itu ditulis satu-satu hingga menjadi berbagai motif yang sangat indah. Itu unik sekali! Kak, bisa, tidak, batik itu dipakai untuk pakaian sehari-hari? Kalau dulu, kan biasa batik dipakai untuk

FUN WITH ENGLISH

pesta pernikahan atau pesta resmi lainnya. Tentu saja, sekarang batik sudah bisa dipakai jadi macam-macam modelnya. Tidak cuma buat acara resmi. Selain dapat diaplikasikan menjadi model fesyen yang baru, batik juga dapat diaplikasikan menjadi tas, sepatu, dan tempat laptop. Jadi, sekarang batik sudah dapat diaplikasikan di berbagai barang. Kalau boleh tahu, kapan Kakak mulai suka batik? Kakak sudah suka batik sejak nenek Kakak menceritakan batik. Saat SMP Kakak sudah mendengar tentang cerita batik. Ternyata batik itu enggak bisa sembarangan dibuat. Jadi, ada cerita dan maksud di balik pembuatan batik. Kakak pernah belajar batik atau pernah membatik? Kakak pernah belajar membatik di museum tekstil. Nah, jadi adik-adik semua yang ingin belajar membatik bisa belajar di museum tekstil. Di sana kalian akan merasakan membatik memakai tangan sendiri, juga bisa merasakan panasnya malam. Jadi, kalian bisa tahu susahnya membuat batik sehingga dapat menghargai batik. Oh, terus Kakak tahu jenis-jenis batik yang ada di Indonesia? Jenis batik yang terkenal seperti batik solo, batik yogyakarta, batik betawi, dan batik sumatra barat. Jadi, sekarang setiap daerah di Indonesia mengembangkan jenis batik daerah masingmasing. Yang paling baru itu ialah batik bogor. Bogor itu terkenal dengan rusanya kan? Jadi, batik bogor itu memiliki motif rusa.

AKSI REPCIL : Reporter cilik kelas 6 SDK 10 Penab Bulan di Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (5/10).

FOLKLORE FROM JAMBI

Putri Ayu Nyimas Rahima

IN Jambi, there is one grave that is considered as sacred. It is the grave of Putri Ayu Nyimas Rahima. She was the wife of Sultan Muhammad, a king who once ruled Jambi. Do you want to know why Putri Ayu’s grave is still taken care very well? Read on! Nyimas Rahima was the daughter of Kemas Mahmud. He was an honorable man in Jambi. Nyimas Rahima was very beautiful. She also had good manners. She was polite and helpful. She was also religious. People enjoyed listening to her great voice when she recited the holy Alquran. With the qualities she had, no wonder people loved her. At that time Jambi was having a war with the Dutch. People fought bravely. They were led by Sultan Muhammad, their wise, strong, powerful, and young

king. Yup, Sultan Muhammad was still a young man. The king heard about Nyimas Rahima. He was curious with her. He wanted to see how beautiful she was. So, one night he secretly left the battle just to see Nyimas Rahima. The king arrived at Kemas Mahmud’s house. He was surprised to have the king as his guest. The king inally met Nyimas Rahima. The king fell in love at the irst sight. Nobody knew that Nyimas Rahima also loved him. She had admired the king for a long time. The king did not want to waste time. He proposed Nyimas Rahima to be his wife. The proposal was accepted. Since they were in the middle of a war, the families agreed not to celebrate the wedding in a great ceremony. It was held very simply

and modestly. The king brought Nyimas Rahima to his palace. She was then named Putri Ayu. The king and the queen lived happily. When the king left her to join the war, the queen never stopped praying for him. She took care of the kingdom very well when her husband was away. The people were very grateful having Putri Ayu as their queen. Their lives became much happier when they had a baby boy. The king named him Adipati. The king could not spend much time with his family. The war did not end yet. The queen understood that her husband had to defend their land. She always taught her son about patriotism. Prince Adipati grew bigger and he often asked

RAGAM

Melihat Jerapah MUHAMMAD SURYA 7 tahun Kelas II SDN Pejaten Timur 13 Pagi, Jakarta Selatan Jl Pagujaten RT 16 RW 06 No 30A

Sepeda Baruku Betapa berbunga-bunga hatiku Kini aku punya sepeda baru Kendaraan anginku itu ungu Itu warna kesukaanku

Bersepeda itu hobiku sekarang Kukayuh pedal keras-keras Sepeda pun melaju kencang Ku puas tanpa batas...

Orangtua menghadiahiku sepeda baru Karena waktu kubuka rapor kenaikan Nilaiku bertaburan angka sembilan Aku pun menyabet rangking satu

Siapa berani menantangku pasti kulibas Tak peduli dia lelaki sekali pun Semua tak akan mampu melintas Tuk menyalipku walau sedetik pun

Ayah mengajariku bersepeda Aku sering jatuh waktu berlatih Tapi aku terus berjuang dengan gigih Sampai akhirnya aku mahir bersepeda

NISRINA MUSLIMAH ASYHADIYAH Kelas VI SD Islam Bandar Kidul Jl Wachid Hasyim 209, Kediri 64114

INFO Jika kamu suka menggambar dan menulis puisi atau cerpen, kirimkan karyamu ke Media Anak, Jl Pilar Mas Raya Kav A-D, Kompleks Delta Kedoya, Jakarta Barat. Kalian juga bisa mengirimkannya dalam bentuk soft copy dengan cara di-scan atau difoto. Lalu kirim ke mediaanak@mediaindonesia.com. Tersedia bingkisan menarik buat kamu. Jangan lupa untuk mencantumkan identitas, alamat dan nomor telepon kalian, ya! Gabung juga di Fan Page Facebook Media Anak


MINGGU, 9 OKTOBER 2011

SUARA ANAK!!

Oh ya teman-teman, di akhir wawancara, Kak Sheila juga titip pesan buat kita semua agar kita juga harus turut aktif melestarikan batik dan mengenal lebih dalam lagi batik. Dengan demikian, kita akan semakin mencintai batik sebagai warisan budaya kita. (M-6)

DINDA MAULIDYASTRI Kelas 4 SD Al Zahra Indonesia

Desain batik menurutku sekarang bagus-bagus dan keren, jadi kita juga senang memakainya. Apalagi, batik Indonesia kan ditetapkan jadi warisan budaya dunia, jadi memang harus bangga sama batik. Di sekolahku tidak ada seragam batik, tapi saat perayaan hari-hari besar biasanya kami pakai batik.

GREGORIUS DARRYL WIRYADI Kelas 6 SD Mentari, Jakarta I BAD

Kak, apa upaya yang harus kita lakukan agar batik tetap lestari? Kita harus mengenal lebih dalam lagi batik. Kalau sudah mengenal batik, kan kita jadi bangga dan jadi ingin memakai batik, dong. Nah, jadi batik itu diharapkan tidak hilang terlindas oleh jenis-jenis fesyen yang sekarang.

APA pendapat teman-teman soal batik Indonesia? Tiga temanmu berikut ini menyuarakan pendapat mereka.

: DOK PRI

Nah seperti yang tadi kakak bilang, batik banyak motifnya nih. Motif-motif batik itu ada artinya enggak? Ada, tapi Kakak cuma tahu beberapa. Salah satunya motif parang. Motif parang itu menggambarkan sebuah keberanian, kegagahan, dan motif parang ini dulu hanya boleh dipakai oleh keluarga keraton. Nah, ada juga motif yang namanya sidomukti dan sidomulia yang keduanya mempunyai arti yang sama, yaitu diharapkan orang yang memakainya mendapat kehidupan makmur. Satu lagi yang Kakak tahu itu motif pisan bali yang dihadiahkan salah satu pakar batik kepada Kakak, yang artinya diharapkan yang memakai kan mendapatkan perlindungan dari Tuhan Yang Mahakuasa.

Bangga Gunakan Batik

Aku suka pakai batik. Menurutku batik itu bagus. Aku paling suka sama warna ungu, pink, dan kuning. Pertama kali aku mengenal batik dari mama dan papa, aku langsung suka dengan batik. Tapi aku tidak terlalu sering pakai batik. Paling aku pakai batik untuk pesta perkawinan dan acara resmi lainnya.

Aku suka dengan batik, paling suka dengan model yang ada pita dan kerut-kerutnya. Batik pertama aku dibelikan mama di Yogyakarta waktu aku masih kecil. Papa dan mama aku yang memperkenalkan batik pertama ke aku hehe.... Kalau ke toko, aku dibiasakan mama untuk memilih batik kesukaanku sendiri.

FO TOFOTO

Indonesia!

19

AMEERA ZANDRA Kelas 2 SDN Menteng 03 Pagi

TEMA SUARA ANAK MINGGU DEPAN: Sayangi Binatang, Hormati Hak-Hak Mereka. Kamu bisa kirimkan pendapat atau pengalamanmu ke e-mail: mediaanak@mediaindonesia.com. Jangan lupa sertakan biodata dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Tulisan yang terpilih akan dimuat di Media Anak edisi 16 Oktober 2011.

MI/RAMDANI

bur, Steffanie Tanakoman (kanan) saat mewawancarai Putri Batik 2011 Sheila Purnama

a

Di Manakah Aku? queen passed away. She died. The queen was buried in the palace park. The grave was built beautifully. Prince Adipati was extremely sad. He just lost his mother and he did not know where his father was. Unfortunately the Dutch had come near the palace. The prince was asked to leave the palace. After the prince left the palace, the Dutch soldiers arrived at the empty palace. They did not find anyone. Instead they found a beautiful grave. They asked who was buried there. When they knew about Putri Ayu, the Dutch decided not to destroy the grave. The grave still exists. The local people consider it as a sacred grave.

Teman kita, Medi, pergi berjalan-jalan ke beberapa daerah di Indonesia. Tidak hanya menikmati makanan dan objek wisatanya, Medi juga tertarik pada batik yang ada di kota-kota tersebut. Bisakah kamu menebak daerah mana saja yang ia kunjungi? 1. Sesudah melahap nasi liwet yang lezat, aku berjalan-jalan ke Pasar Klewer. Di sana aku melihat kain dan baju-baju batik. Hmm, ternyata batik bermotif geometris dengan warna soga (kecokelatan) menjadi ciri khas batik di daerah ini. 2. Motif batik berupa gambar awan-awan, atau yang biasa disebut motif mega mendung, merupakan ciri khas batik di kota ini. Saat berada di kota yang dijuluki Kota Udang ini aku enggak melewatkan kesempatan untuk mengunjungi Taman Air Sunyaragi dan menikmati sega jamblang. 3. Tak hanya terkenal dengan Rumah Gadang dan rendangnya, kain batik juga ada lo di sini. Motif batik tanah liek pessel yang jadi ciri khasnya banyak terinspirasi dari binatang-binatang laut seperti kuda laut dan biota lain.

SENO

JAWABAN (putar halaman ini agar kamu bisa membacanya) 1. Solo/Surakarta, Jawa Tengah 2. Cirebon, Jawa Barat 3. Padang, Sumatra Barat

why his father often left the palace. The queen told the prince that his father had to defend their land. The king and the queen would have a second child. Yes, the queen was pregnant. The king and the queen were so happy. The war was getting worse. The Dutch multiplied the number of their soldiers. And that made the king worked harder. The king had not been home for months. The queen was about to deliver her baby. She did not complain. She still took care of the kingdom very well. However her condition was weaker and weaker. She was not healthy. The queen’s condition was getting worse. Her health decreased tremendously. God had another plan. The

CERPEN

Cucu yang Membangkang

ADI RIZKY PURMANSYAH Kelas VI SDN Jatisura I Majalengka, Jawa Barat

DI sebuah desa, tinggallah seorang janda tua dengan seorang cucunya. Rumahnya kecil dan berdinding bilik. Di belakang rumah itu ada kebun sayuran yang ditanami kacang, ubi, dan lain-lain. Perempuan tua itu setiap hari juga pergi ke laut untuk menangkap ikan. Apabila ia pergi dari rumahnya, cucunya menanak nasi dan menggulai. Suatu hari, orang tua itu hendak pergi ke laut. Ia berpesan kepada cucunya, “Nak, hari ini ambillah beras sebutir saja untuk ditanak, itu sudah cukup buat kita berdua.” Sang cucu merasa heran mendapat amanat demikian. “Apa gunanya sebutir beras ku tanak. Hanya menyusahkan aku saja dan tentu tak ada gunanya. Sebab, mustahil untuk makan berdua,” pikirnya dalam hati. Ia pun mengambil beras sekati untuk ditanaknya. Ia membuat api, mengambil periuk, dan tak lama kemudian mulai menanak nasi. Ia menunggu sampai nasi itu masak. Sejam kemudian, ia hendak melihat apakah nasinya sudah masak. Tetapi, baru saja ia mengangkat tutup periuk, keluarlah bubur nasi meluap-luap, lalu mengalir tak henti-hentinya. Alangkah terkejutnya gadis kecil itu. “Oh bagaimana jadinya ini? Dengan apa harus kutahan bubur ini?” teriaknya. Anak yang malang itu berlari ke sana kemari, tak tahu apa yang harus diperbuatnya. Sementara itu, bubur panas tadi terusmenerus mengalir dari dalam periuk. Mula-mula memenuhi dapur, kemudian melimpah keluar. Akhirnya seluruh halaman rumah digenangi bubur. Anak gadis itu mencari neneknya. Sepanjang jalan tak henti-hentinya ia menangis. Ia takut dimarahi neneknya. Di dekat laut, ia bertemu dengan neneknya yang tengah dalam perjalanan pulang. Dengan tersedu-sedu, gadis kecil itu menceritakan kepada neneknya apa yang terjadi. Neneknya sangat marah setelah mendengar ceritanya. Ia mengambil sebatang kayu, lalu dipukulnya cucunya itu. Anak itu menangis sekeras-kerasnya karena kesakitan. Tiba-tiba gadis itu menghilang. Kemudian di situ tampak seekor kera. Binatang itu sebenarnya anak gadis tadi yang menjelma menjadi kera. Ia melompat-lompat di pohon. Sang nenek merasa sedih. Ia menyesal sekali. Ah, mengapa cucunya sendiri dipukulnya? Sekarang ia tinggal seorang diri, tidak ada teman yang dapat diajaknya bercakap-cakap. Tidak ada orang yang memelihara dia. Dari cerita di atas dapat diambil kesimpulan bahwa janganlah mengabaikan perintah orang yang lebih tua selama perintahnya tidak menyimpang dari jalan kebenaran. Hikmah lain yang dapat diambil ialah berpikirlah sebelum bertindak karena menyesali perbuatan yang telah terjadi itu amatlah tidak berguna.

FAN PAGE MEDIA ANAK Tahun ini kan Media Anak berusia 5 tahun. Nah, apa ya kesan/pendapat kamu mengenai Media Anak?

Filbert Agrata Setiawan Media Anak itu bisa mengajar ilmu kita dan kuisnya seru-seru. Thanks The Media Anak.

Annisa Firdaus Menurutku, Media Anak adalah wadah yang sangat bagus untuk kita jadikan sahabat kreativitas. Di Media Anak ini, aku mendapatkan dan menemukan ilmu pengetahuan yang baru kukenal dan aku bisa menggali bakatku di sini serta menumbuhkan rasa saling menghargai ketika seorang anak memenangi lomba Media Anak. Walaupun waktu aku ulang tahun tidak diucapkan, aku yakin Media Anak sayang semua anak Indonesia, dari anak untuk anak. I love Media Anak forever!

Priscilla Dewi Kirana Media Anak adalah sebuah halaman yang dapat menjadi wadah kreativitas generasi bangsa! :)

Tania Ariesty Pratiwi Happy Birthday, Medi! Semoga makin berjaya dan makin banyak fan! Amiiienn. =)


20

M ETRO TV HIGHLIGHTS

MINGGU, 9 OKTOBER 2011


K LASIFA

MINGGU, 9 OKTOBER 2011

21

Merasakan Titik Kulminasi Matahari di Tugu Khatulistiwa

B

MI/ARIS

KULIT ASLI

PELUANG USAHA

Furniture,Car,Fashion,Promotion,Walet, Bag, Shoes,etc. Harco Elektronik Mangga Dua,Ruko Blok B No.2 Jakarta Tlp.612.8888

Ingin income >500rb/hr akan anda dptkan dibisnis emas online brsama Bakri grup hny dg modal 50jt garansi Bank.Hb. Palma One Lt.8 Hp.081386787899

ERWISATA keliling Indonesia tentunya sangat menyenangkan. Apalagi, kalau Anda bisa berkunjung ke Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Kota ini sangat istimewa karena kota ini menjadi kota yang dilalui garis khayal equator atau garis khatulistiwa. Setiap pungunjung serasa melewati garis khatulistiwa yang membagi bumi menjadi dua bagian, yaitu belahan utara dan selatan. Anda akan merasakan sensasi berbeda bila mempunyai kesempatan berdiri di titik lintang 0 derajat. Titik lintang 0 derajat bermula dari ekspedisi internasional oleh ahli geografi Belanda pada 1928. Penentuan itu awalnya hanya bertujuan menentukan titik atau tonggak garis equator di Kota Pontianak. Kemudian dibangunlah tonggak dengan tanda panah di puncak yang menjadi penanda garis khatulistiwa yang disebut Tugu Khatulistiwa.

Pada 1930 ditambahkan bentuk lingkaran di bagian puncak tonggak, dan pada 1938 direnovasi dengan empat tonggak dari kayu belian masing-masing berdiameter 0,30 meter. Sementara tinggi dua tonggak depan 3,05 meter dan dua tonggak belakang tempat lingkaran dan tanda panah setinggi 4,40 meter. Pada 1990, tugu Khatulistiwa mendapatkan tambahan berupa kubah dan duplikat tugu khatulistiwa dengan ukuran 5 kali lebih besar jika dibandingkan dengan tonggak asli. Untuk tonggak depan berdiameter 1,5 meter dan tinggi 15,25 meter. Sementara tongak belakang berdiameter 1,5 meter, ketinggian 22 meter dan panjang tanda panah 10,75 meter. Di bagian bawah Tugu Khatulistiwa terdapat plakat yang bertuliskan 109 derajat 20’00� OLVGR yang menunjukkan letak berdirinya Tugu Khatulistiwa di garis bujur timur. Duplikat Tugu Khatulistiwa diresmikan pada 21 September

1991 oleh Gubernur Kalimantan Barat Pardjoko Suryokusumo. Untuk mewakili garis khatulistiwa, di bagian bawah Tugu Khatulistiwa terdapat lantai dengan warna yang berbeda. Uniknya, saat titik kulminasi sinar matahari terjadi yakni pada 21-23 Maret dan 21-23 September atau saat matahari berada di atas kepala, semua benda di sekitar Tugu Khatulistiwa tidak memiliki bayangan akibat posisi tegak lurus dengan matahari. Saat-saat tersebut juga selalu diperingati masyarakat Pontianak dengan tarian khas Pontianak. Tugu Khatulistiwa dapat dikunjungi mulai pukul 07.15 hingga 16.00 setiap hari tanpa dipungut biaya alias gratis. Di sana Anda dapat melihat dokumentasi perjalanan sejarah, pengetahuan tentang bumi dan astronomi. Bukan cuma itu, Anda juga akan mendapatkan sertifikat mengunjungi 0 derajat yang ditandatangani oleh Wali Kota Pontianak. (S-25)

www.dhenigleather.com

PERHIASAN MUSIK STAR ARLOJI ,BELI JAM bks/berlian dgn hrgTgg Dijual*** Piano/Grand Piano***Merk Yamaha, Kawai, Petrof & merk2 lain***Hub:

ROLEX,BULGARI,OMEGA,BREITLING,dll,Hub:Bp. TONY 392 9079,0812 9455 198 Apt MentengPrada

Petrof Piano Cideng,Jl.Cideng Timur No.52, Telp.38900602 / 3860200.

Lt. 1 No.2J dpn St.Cikini (Dtg ke tmpt).

Telepon :

IKLAN KLASIFA

HUBUNGI KAMI

+62 21 5812 088, Ext. 1128 Shauma Ramadhan Kamil (Ramma) HP : 0815 1160 0081 Email : rammakamil@mediaindonesia.com

Indra Mahyudi HP : 0812 8999 517 Email : indra@mediaindonesia.com Simin HP : 0812 9415 739 Email : simin@mediaindonesia.com Desfrina (Dedes) HP : 0812 8178 941 Email : dedes@mediaindonesia.com


22

E KSPLORASI

NATURE

Otot Supercepat

B

ARU-BARU ini diketahui, ternyata kelelawar merupakan mamalia pertama yang memiliki otot supercepat. Otot semacam ini juga dimiliki burung pengicau dan ular. Otot supercepat yang dimiliki kelelawar terbentuk di tenggorokan dan memengaruhi perilaku perburuan, yang disebut ekolokasi, yaitu ketika kelelawar mengirim gelombang suara dan mendengarkan pantulannya. Saat berada di dekat serangga, mamalia malam itu memancarkan sedikitnya 160 panggilan per detik. Fenomena ini disebut terminal dengung. Penelitian tersebut dapat menjelaskan bagaimana kelelawar melepaskan panggilan supercepat. “Ini menakjubkan sekali karena melibatkan otot supercepat,” kata kepala peneliti Coen Elemans, ahli biologi University of Southern Denmark. Namun, otot supercepat itu sekaligus juga membatasi kelelawar. Meskipun cepat, hanya sejumlah otot tertentu yang mendukung panggilan dalam hitungan detik. Dengan otot yang lebih cepat itu, kelelawar dapat menciptakan lebih banyak panggilan per detik, dan setiap gelombang itu memberikan lebih banyak informasi mengenai mangsa mereka.

Elemans dan rekan kerjanya memperkenalkan spesies kelelawar Daubenton yang ditaruh dalam sebuah sangkar besar. Panggilan ekolokasi kelelawar itu terekam oleh sebuah mikrofon yang canggih. Para peneliti mengukur waktu ketika kelelawar memancarkan panggilan hingga tertangkap oleh pendengaran kelelawar lainnya. Tim peneliti menduga panggilan tersebut dibatasi kebutuhan pemrosesan pantulan suara. Jadi, bila seekor kelelawar memanggil terlampau cepat, mereka tidak dapat mendengar pantulan panggilan sebelumnya dan ini berarti mereka telah kehilangan jejak mangsa. Setiap gema memantul dalam waktu 2,5 milidetik, jadi kelelawar menunggu sekitar 6 milidetik sebelum mengeluarkan panggilan berikutnya. NATIONALGEOGRAPHIC Hal itu berarti kelelawar secara fisik mampu mengeluarkan suara panggilan lebih banyak per detik, bukan karena mereka sengaja menunggu pantulan suara. Selanjutnya, para peneliti memindahkan urat otot supercepat para kelelawar dan mengukur tampilan mekanik jaringan dengan cara menstimulasinya dengan listrik. Alhasil, ditemukan otot laryngeal pada kelelawar yang dapat menambah kuantitas panggilan hingga 180 kali per detik. (nationalgeographic/Ghp/M-1)

EKSPEDISI

Komet Membentuk Samudra

A

IR yang ada di Bumi mungkin berasal dari komet. Kesimpulan tersebut diambil para peneliti baru-baru ini. Para peneliti telah menghabiskan waktu puluhan tahun untuk mendiskusikan dari mana asalnya air dan segala sesuatu yang mendukung kehidupan di Bumi ini. Kebanyakan kesimpulan dari hasil penelitian terdahulu menyatakan, dulunya Bumi kering, kekurangan air, dan mengandung sejumlah materi yang mudah menguap. Saat ini telah ditemukan sebuah planet mirip Bumi, yaitu komet mungil Hartley 2. Komet ini berada di sekitar sabuk Kuiper, sebuah wilayah di sekitar sistem solar di antara planet Neptunus. Wilayah tersebut diduga sebagai tempat asal datangnya air di Bumi. “Ketika Bumi terbentuk, kondisinya saat itu sangat panas sehingga kebanyakan materi ‘melarikan diri’ ke ruang angkasa, dan ketika Bumi menjadi dingin, kondisinya malah kering,” kata kepala peneliti Paul Hartogh, ilmuwan Max

Planck Institute, Jerman. “Air dan materi lainnya telah berpindah ke lapisan lainnya.” Komet merupakan kandidat alami pembentuk laut. Melalui model komputer dapat dijelaskan bagaimana sistem solar terbentuk, dan melalui model tersebut juga bisa ditunjukkan bahwa asteroid itu menjadi asal-muasal keberadaan samudra di Bumi. Diduga, komet memberikan tidak lebih dari 10% airnya ke Bumi. Untuk mengenali sumber alami samudra di Bumi, para peneliti membandingkan isotop hidrogen yang ditemukan di air planet dengan hidrogen yang terdapat pada komet. Ternyata, semua isotop itu memiliki jumSPACE.COM/SCIENCEDAILY lah proton yang sama, tetapi masing-masing memiliki jumlah nomor berbeda. Seperti, hidrogen biasa tidak memiliki neutron, sedangkan isotop hidrogen atau deuterium memiliki satu neutron. “Dengan penemuan ini, mungkin 10% dan bahkan seluruh air di Bumi sangat mungkin berasal dari komet,” kata Hartogh. (space.com/ sciencedaily/Ghp/M-1)

DO YOU KNOW

Gambar Jari di Dinding Gua K E B A N YA K A N b a l i t a mo dern akan kena marah orangtua jika mencoret-coret dinding. Namun, boleh percaya atau tidak, anak-anak yang hidup 13 ribu tahun lalu malah didorong untuk menggambar di dinding, paJESSICA COONEY AND LESLIE VAN GELDER ling tidak di dinding gua. Di antara lukisan dan karya seni lain di sepanjang 8 km sistem gua di Rouffignac, barat daya Prancis, merupakan gambar-gambar tidak biasa yang dikenal sebagai gambar jari, yang dibuat oleh orang yang menggoreskan jari mereka di atas lumpur lembut yang melapisi dinding gua. Dengan menganalisis goresan jari manusia modern, peneliti menemukan rasio jarak di antara tiga jari tengah mengindikasikan sebagian besar artis gua adalah anak-anak usia sangat muda, 2 atau 3 tahun. Peneliti juga mampu membedakan jenis kelamin dari bentuk jari-jari itu. Beberapa goresan terlihat terlalu stabil untuk balita. Hal itu menunjukkan bahwa orang dewasa memandu jari si anak saat mengajari mereka.

Es di Planet Terpanas MESKIPUN berjemur cahaya matahari, Merkurius merupakan rumah untuk bidang es yang luas. Dua puluh tahun lalu, radar pengamat dari Bumi menemukan area kecil yang memantulkan cahaya di dekat kutub Merkurius. Fenomena tersebut menunjukkan keberadaan es di planet pa ling terdekat dengan matahari NANCY CHABOT/JHU-APL itu. Sekarang, pesawat angkasa luar NASA Messenger mengonfirmasi bidang terang tersebut berlokasi di dasar kawah yang dalam di daerah kutub yang sama sekali tidak pernah mendapatkan cahaya matahari. Foto kode warna mosaik baru wilayah kutub selatan Merkurius ditayangkan pada pertemuan Eropean Planetary Science Congress dan The Division for Planetary Science of the American Astronomical Society menggambarkan area ‘beku’ dengan bercak hitam. Menurut ilmuwan instrumen Messengger Nancy Chabot dari Universitas Johns Hopkins Laboratorium Fisika Terapan di Laurel, Maryland, seperlima wilayah dalam jarak 200 km dari kutub selatan Merkurius berada dalam daerah bayang permanen. (sciencemag/Ghp/M-1)

MINGGU, 9 OKTOBER 2011


I NTERMEZO

MINGGU, 9 OKTOBER 2011

23

TAROT Leo – 9 of Wands 23 Juli - 23 Agustus

Icon: Vedic Tarot Berlaku dari 9 – 15 Oktober 2011

Virgo – 3 of Wands 24 Agustus 23 September

Scorpio – 5 of Swords 24 Oktober 22 November

Sagitarius – V The Hierophant 23 November 21 Desember

Ani Sekarningsih

Pekerjaan: Leo harus bersiap-siap menghadapi cobaan dan tantangan yang lebih berat. Waspada untuk tidak terlalu individualistis secara berkelebihan. Bila suatu perencanaan belum meyakinkan, tak usah dibahas dulu. Sekali mampu mengatasi tantangan ini, sesungguhnya Anda dalam perjalanan menuju ke keberhasilan. Pada saat-saat merasa letih tak bertenaga dan hampir putus asa tak mampu menanggulangi masalah, tiba-tiba Anda memperoleh kekuatan yang membawa Leo menuju kemenangan tak terduga. Kendalikan semangat Anda untuk menyelesaikan tugas dengan mengukur kemampuan fisik. Tampaknya ada proses pembagian harta warisan pada periode ini. Cinta: Leo pernah disakiti seseorang dan saat ini memikul perasaan untuk melindungi diri dengan lebih baik. Adalah bijaksana membiarkannya pergi, atau Anda meninggalkannya diam-diam. Strategi: Jauhi tekanan-tekanan pekerjaan yang hanya mendatangkan dampak negatif pada kesehatan. Sebaliknya, tenangkan diri karena kehidupan itu sebuah meditasi.

Capricorn – 4 of Wands 22 Desember 20 Januari Pekerjaan: Minat Anda pada dunia filosofi atau metafisika akan memberikan pencerahan baru. Demikian juga itu akan memberikan peningkatan kemampuan berkomunikasi secara lebih efektif. Tak usah berkecil hati apabila terdapat pelayanan dan kinerja dalam suatu usaha yang tak mencapai hasil sebagaimana yang ditargetkan. Namun, kali ini Anda memiliki kecerdasan dan mampu menggeluti suatu bidang keilmuan secara khusus. Penerimaan keuangan mengalir deras dan membuat perasaan menjadi jauh lebih ringan. Waspada dengan transaksi keuangan. Cinta: Puncaknya kemesraan dan kebahagiaan dalam ikatan kekeluargaan. Daya tarik Anda sangat tinggi sehingga perlu pengendalian secara fisik dan mental. Bila selama ini perkembangan hubungan berlangsung tak jelas, kini mulai membuahkan hasil. Strategi: Undangan minggu ini datang bertubi-tubi. Bayarlah segala sesuatu dengan lunas. Asuransikan kekayaan Anda untuk membentengi kehilangan atau kebakaran yang tak terduga.

MEDIA UTAK ATIK

Pekerjaan: Anda selalu proaktif, cerdas, dan memiliki visi jauh ke depan. Apabila punya kemampuan artistik, saatnya mencipta. Bagaikan mimpi Virgo dapat mencapai kemenangan dalam bentuk uang yang Anda mimpikan. Meski begitu, Anda pun memiliki keinginan besar terhadap dunia spiritual serta ide yang unik dan besar. Semua proyek itu akan mendatangkan kebahagiaan, juga kemakmuran yang tak terduga. Hal itu merupakan pertanda dari prospek karier dan produktivitas masa depan atas karya-karya unggulan Virgo. Yakinkan bahwa jasa dan keuntungan itu memberi dampak keuntungan. Cinta: Bila selama ini perkembangan hubungan berlangsung tak jelas, kini mulai membuahkan hasil. Seseorang yang memesona akan datang berkunjung dan mengundang kebahagiaan. Tampaknya hubungan itu bakal semakin serius. Strategi: Sangat dianjurkan untuk mengendurkan ketegangan. Masalah-masalah selama ini membuat Anda terisolasi. Dalam suasana hati tak nyaman, jagalah penampilan Anda di depan semua orang.

Aquarius – King of Disks 21 Januari - 19 Februari

Pekerjaan: Ketekunan dan kerja keras merupakan formula penting untuk kesuksesan dan kedamaian hati. Gunakanlah bakat pribadi dan pengetahuan Anda yang menjadi modal utama bagi masa depan. Aquarius menjadi seseorang yang suka keramaian. Berilusi dengan kekuasaan dan suka pada ketenaran sesaat, tetapi sesungguhnya tak kreatif. Belajarlah merendah, untuk tidak merasa lebih tinggi daripada orang lain. Adapun bentuk setiap tantangan dan keberanian merupakan suatu bentuk proses yang membuat Anda tumbuh dan punya watak kuat. Anda patut mengasah kebulatan tekad dan keberanian dengan mantap untuk berjujur ke dalam diri. Cinta: Anda merasa jengkel karena orang yang dicintai tak memberi kabar apa pun sehingga membuat Aquarius tak dapat berpikir jernih dan menganggap pasangan tak bertanggung jawab. Strategi: Bila seseorang mencoba menantang, hindari saja agar tidak menambah runyam keadaan. Carilah kegiatan dengan hobi menarik dan erat hubungannya dengan publik dan profesi.

Pekerjaan: Scorpio telah mempelajari banyak pelajaran. Anda juga penuh idealisme dan keinginan untuk menjadi lebih sempurna, yang mengundang simpati. Hindari berspekulasi dengan keputusan-keputusan yang berisiko. Jangan bosan untuk mengulang dan mengulang pekerjaan yang menjadi tanggung jawab sehingga Anda benar-benar sempurna dan berhasil. Mereka yang menggertak Anda tidak akan pernah mempan mengalahkan Scorpio. Anda akan sangat sibuk dengan berbagai pengalaman baru dan harus melakukan perjalananperjalanan. Minggu ini, tabungan Anda akan ada penambahan. Cinta: Ada pertengkaran dan perpisahan. Kenekatan tersebut sungguh membahayakan diri. Adalah lebih bijaksana menghindari pertentangan yang tibatiba saja muncul. Strategi: Saat ini Anda cenderung sangat impulsif, jadi perlu waktu untuk mempertimbangkan segala sesuatu sebelum bertindak. Harap dicermati, memperhatikan proses pengalaman hidup adalah sebuah meditasi.

Grand Master Tarot

Libra – 8 of Cups 24 September - 23 Oktober Pekerjaan: Kelesuan itu tak terhindarkan. Organisasikan jadwal baru karena kesibukan Anda akan berlipat ganda. Tak perlu Libra melarikan diri dari kenyataan. Sebaliknya, hadapi semua dengan senyum. Kepekaan naluri Anda tengah meningkat. Anda mungkin perlu mengundang seorang penasihat profesional yang menguasai hukum untuk memperoleh data dan informasi penting yang memandu Anda membuat suatu keputusan penting. Hati-hati dalam menandatangani surat kontrak atau menyetujui suatu perjanjian. Perjalanan mungkin harus ditangguhkan karena keterlambatan seseorang, atau penyakit yang menimpa keluarga sekalipun Anda sesungguhnya harus segera melakukan perjalanan untuk alasan bisnis kesehatan. Cinta: Perubahan tersebut lebih baik disebabkan pengaruh sang pacar, teman, atau rekan yang memasuki kehidupan pribadi. Strategi: Anda lupa mencintai diri sendiri yang dibangun dari miliaran sel dalam tubuh, sebagai suatu organisasi besar. Saatnya Anda mengukur kebahagiaan secara spiritual dan bukan dengan ukuran kebendaan.

Pisces – Page of Cups 20 Februari – 20 Maret

Pekerjaan: Berbagai informasi penting membanjiri. Waspadalah dalam menentukan pilihan-pilihan. Anda perlu menata keseimbangan nalar dan emosi. Saatnya menyiapkan diri dengan proyek-proyek baru yang menjanjikan. Daya tahan dan kemampuan Anda akan sangat prima apabila mampu memusatkan pikiran pada masalah-masalah di depan mata. Minggu ini Anda diberi kesempatan untuk melakukan investasi. Bukan tak mungkin Pisces segera akan diwarisi suatu program atau proyek baru sebagai bekal masa depan. Ketahuilah, saat ini Anda sedang populer dan dihargai berkat suatu kepercayaan yang Anda yakini. Begitu pula, Anda sangat hati-hati dengan keuangan. Cinta: Bersiaplah mendapat berita yang kurang menyenangkan dari pasangan Anda. Berhati-hatilah dengan informasi yang mungkin bisa menjadi fitnah. Strategi: Seyogianya bertindaklah dengan lebih lapang dada, ramah, dan hangat. Manfaatkan semua kesempatan baru karena kebahagiaan itu hanya milik Anda.

Aries – Queen of Swords 21 Maret - 20 April

Pekerjaan: Mungkin Aries akan tersandung masalah yang muncul melalui seorang pribadi yang tak pernah Anda duga sebelumnya. Penting untuk diingat, semua sikap penghakiman akal budi itu hanya produk pengondisian. Pekerjaan yang Anda inginkan atau rencana dan usulan kerja yang diajukan memerlukan persetujuannya. Ada baiknya fokus kali ini lebih tertuju pada pengembangan, penelitian, investigasi, ilmu pengetahuan, sesuatu yang berhubungan dengan perangkat elektronik, instruksi, pelatihan, atau keinginan untuk masuk ke daerah baru. Saat ini Anda tinggal menunggu hasilnya. Apabila moral dibentuk oleh kesadaran tinggi dan sikap eling yang terjaga setiap saat, apa pun yang Anda putuskan atau lakukan akan menghasilkan kinerja yang terpuji. Cinta: Dia tak menepati janjinya. Aries tak perlu memperbesar kecemburuan karena hanya membuat Anda menanggung kesepian. Strategi: Saat ini Anda perlu menstimulasikan ide dan pikiran-pikiran sehubungan dengan dunia spiritual.

Taurus – XXI The World 21 April - 20 Mei

Gemini – King of Wands 21 Mei - 21 Juni

Pekerjaan: Lakukanlah perencanaan kerja yang tepat guna dan ikutilah tahapan-tahapannya agar mencapai keberhasilan. Perlu diketahui, kesempatan hanya datang pada saat tertentu dan manfaatkanlah setiap kesempatan itu sebaik-baiknya, sebab Anda merupakan seseorang panutan baik dalam keterampilan kerja dan kebijakan manajemen. Berilah waktu untuk menyelesaikan masalah dan mendinginkan suasana yang tegang. Tetaplah merasa optimistis. Segala sesuatu akan menjadi lebih baik bila mampu menjaga sikap dengan bijaksana. Bahkan Anda akan menerima banyak tawaran pekerjaan yang menjanjikan. Cinta: Bagi yang masih lajang, sesekali akan menghadapi perkembangan yang menemukan jalan buntu untuk sementara waktu. Namun tetap akan menemukan cinta baru. Inilah kenyataan itu. Strategi: Tiba waktunya Taurus untuk sadar. Ternyata kehidupan setiap sesuatu, dan setiap permasalahan merupakan suatu kesatuan yang berhubungan satu dengan lainnya, yang menyebabkan sebab akibat dari pertumbuhan sesuatu.

Pekerjaan: Tampaknya kondisi saat ini mengantarkan Anda mendapat suatu kehormatan, kepopuleran, dan limpahan kemakmuran. Pada dasarnya Anda lebih mencintai rumah, anak-anak, dan kerabat. Dalam keadaan mood yang negatif, adakalanya sifat Anda yang egois dan mudah marah harus dapat dikendalikan. Saatnya Anda mereguk peningkatan pendapatan. Seandainya ada yang menentang ide Anda, waspadalah agar perbedaan pandangan tersebut tidak mengundang pertikaian. Darah seni Anda menciptakan masa depan yang menjanjikan. Patut dicermati, kondisi potensi hari ini menuntut Anda lebih meningkatkan kegesitan dalam berkomunikasi. Cinta: Anda sebagai orang yang setia dan mengharapkan kebahagiaan atas pernikahan itu. Sempatkan membawanya ke alam terbuka, bukan hanya membawanya ke mal-mal. Strategi: Kegiatan yang melupakan waktu akan melelahkan pikiran. Harap diingat, tak seorang pun bisa bekerja sendirian, atau menganggap diri sendiri paling profesional.

Pekerjaan: Sagitarius perlu belajar dari pengalaman, sehubungan Anda sangat mengharapkan memperoleh kebebasan fisik, mental, dan spiritual. Bukan, tak mungkin memang akan dituntut untuk lebih tabah dan mengabdikan diri sepenuhnya bagi kepentingan orang lain, tanpa pamrih. Dalam pekerjaan kali ini, Anda akan mengalami atau harus mengalami banyak perjalanan. Selalu mengikuti setiap perubahan dengan bijaksana dan situasi terkini. Berilah waktu pada diri Anda untuk menerima semua peristiwa yang mengalir nyata di depan Sagitarius. Dengan begitu, Anda mampu menyentuh dan mengalir bersamanya tanpa pemberontakan yang menyakitkan. Cinta: Hubungan kemitraan ini memang mendapatkan manfaat, atau memang tak ada gunanya? Pengendalian diri akan memandu Anda untuk memilih si dia yang setia menunggu Anda pulang. Strategi: Sebagai seorang petualang alam, Anda tidak mungkin bisa duduk diam. Bagaimanapun, Anda banyak melakukan pengembaraan secara fisik, mental, dan spiritual.

Cancer – 10 of Swords 22 Juni – 22 Juli

Pekerjaan: Bagaimanapun Cancer memiliki daya tahan dan kemauan untuk selalu menyelesaikan tugas yang berat meski menghadapi masalah rumit dan menekan. Anda selalu siap dan bersedia untuk bekerja keras demi keselamatan dan keberhasilan dalam profesi. Kebahagiaan dan persahabatan lebih penting daripada kekayaan ataupun ketenaran. Anda menginginkan perasaan aman dalam hidup dan Anda siap bekerja keras untuk itu. Upayakanlah Anda untuk menjadi fasilitator yang baik guna tumbuhnya dunia usaha yang berdaya saing demi peningkatan kesejahteraan ekonomi dan penciptaan kerja. Anda akan mengalami keberuntungan tak terduga dalam suatu perjalanan yang membawa perubahan positif dan mengantarkan kebahagiaan. Cinta: Tampaknya cinta akan berakhir dengan perasaan sedih. Namun, seseorang yang istimewa siap menemani perjalanan. Strategi: Mungkin ada satu perjalanan harus dilakukan dengan suatu perpisahan. Lupakan semua beban dan kegagalan yang Anda alami selama ini.

SUDOKU SUDOKU atau dikenal juga dengan tebak angka (number place) merupakan teka-teki logika. Aturan mainnya sangat sederhana. Isilah kotak kosong hingga setiap kolom, baris, serta area kotak 3 x 3, terisi angka 1-9 tanpa ada pengulangan. Untuk pemainkan Sudoku, Anda tidak harus pintar matematika. Anda hanya memerlukan logika dan penalaran. Selamat menghadapi tantangan!

Jawaban Edisi Minggu, 2 Oktober 2011

Tanggapan dan komentar: miweekend@mediaindonesia.com


F OTO MEDIA INDONESIA | MINGGU, 9 OKTOBER 2011 | HALAMAN 24

Semangat petarung ujungan di tengah gelanggang.

Ritual Ujungan Meminta Hujan T E KS DA N F OTO : M I / L I L I E K D H A R M AWA N

Seperangkat gamelan pengiring ritual.

Dua petarung ujungan berlaga.

D

EBU beterbangan ketika sejumlah warga melintas di lapangan Desa Gumelem Wetan, Kecamatan Susukan, Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (30/9). Sudah berbulan-bulan desa setempat sama sekali tidak diguyur hujan. Sumur, sawah, dan sungai mengering. Tidak ada lahan sawah yang bisa digarap, bahkan untuk ditanami palawija sekalipun. Warga setempat harus pergi ke sungai atau menunggu pasokan air bantuan pemerintah. Kondisi kemarau yang sangat terasa itu membuat tetua desa setempat berembuk dan sepakat menggelar ritual ujungan, sebuah ritual untuk meminta hujan. Mereka kemudian berkumpul di lapangan desa yang berdebu itu. Alat musik gamelan disiapkan. Kemudian ada semacam tameng berbentuk seperti bambu yang dimasukkan ke lengan tangan kiri, sedangkan tangan kanan memegang rotan sebagai pemukul. Setiap pemain ujungan juga menggunakan penutup kepala dari kain. Ijuk di bagian depannya menyerupai rambut. Setelah siap, para pemain masuk gelanggang pertarungan. Tetua desa memanjatkan doa agar para pemain terhindar dari kecelakaan. Ada juga seorang wasit yang memimpin pertarungan rotan tersebut. Begitu musik gamelan berbunyi, pertarungan dimulai. Warga yang menonton berseru dan bertepuk tangan menyemangati pemain ujungan

Doa ritual ujungan.

Batang rotan sebagai pemukul.

yang berlaga. Para pemain saling memukul di bagian kaki. Kadang mereka melompat guna menghindari pukulan lawannya. Wasit menghentikan pertarungan jika sudah ada pemain yang kena sabetan rotan. Tidak ada dendam di antara pemain ujungan. Keduanya berpelukan dan tertawa seusai pertarungan. Ritual ujungan tidak hanya melibatkan sepasang pemain. Ritual bersenjatakan rotan itu mencari pemain yang berdarah setelah terkena gebukan rotan. Warga percaya, tanda turunnya hujan ialah ketika seorang pemain ujungan mengeluarkan darah bekas gebukan rotan. Tetua desa setempat, Nasrowi, 70, mengatakan budaya ujungan telah berkembang di desa setempat jauh sebelum tahun 1900. Ujungan, kata dia, sebetulnya berkembang guna menghindari perkelahian antarwarga yang memperebutkan air saat musim kemarau. Untuk menghindari perkelahian, tetua desa waktu itu menyediakan tempat untuk berkelahi. Kini, ritual itu tidak lagi menggunakan senjata tajam, tetapi rotan. “Dulunya memang seluruh tubuh boleh dipukul, tetapi sekarang hanya pada bagian kaki saja,� jelas Nasrowi. Ritual ujungan masih terpelihara dengan baik hingga kini, terutama dilakukan pada masa kemarau panjang, di hari Jumat. Jika setelah ritual hujan tak kunjung turun, Jumat pekan berikutnya ujungan bakal digelar lagi. (M-3)

Pemain ujungan siap berlaga.


Media Indonesia