Page 1

Bau Busuk dari ATM Bank Plat Merah BRI & BNI

edisi 4/th. I | November 2013

, K I T N A C M I K A H H A S I K

A I L A T A N A VIC

Kesaksian

Yulianis Dari Anas Urbaningrum, Nazaruddin, Ibas, sampai Kinerja KPK

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

1


DAFTAR ISI MEGAPOLITAN

hal. 14

KISAH HAKIM CANTIK, VICA NATALIA

hal. 6

hal. 4

NASIONAL

AWAS, DENDA DI JALUR BUSWAY! Setelah satu minggu diuji coba, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya sepakat untuk mulai memberlakukan lintasan TransJakarta (busway) sebagai area steril. Sepeda motor maupun mobil yang melintas di jalur tersebut akan ditilang dan dikenai denda.

Hakim cantik Vica Natalia mendadak ramai jadi bahan berita di semua media Ibukota dan daerah. Ini tentu bukan semata-mata karena hakim di Pengadilan Negeri Jombang ini beruntung dikaruniai paras cantik.

SOROT Kasus SKK Migas Disidang Dirut Pertamina Terlibat? Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum bisa memastikan kapan bos Kernel Oil Singapura, Widodo Ratanachaitong, akan diperiksa, meski bos Kernel Oil Indonesia Simon G Tanjaya sudah disidang.

Ekonomi

Terkait Pungutan, OJK Masih Tunggu Peraturan Pemerintah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) masih menunggu pengesahan peraturan pemerintah (PP) sebelum memberlakukan iuran kepada perusahaan yang bergerak di industri pasar modal, perbankan, dan sektor jasa keuangan lainnya.

hal. 16

Dunia

SBY Harus Pecat Staff yang Bodoh

Bali Democracy Forum

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) secara resmi membuka Bali Democracy Forum (BDF) ke-VI tahun 2013 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua Bali, Kamis (7/11/2013).

hal. 24

DIALOG

Kesaksian Yulianis, Dari Anas Urbaningrum, Nazaruddin, Ibas, sampai Kinerja KPK

hal. 30

Pada tahun 2011 Ia Juara 1 U-8 FAA Soccer Tournament di Singapura juga menjadi Best Player di tournamen tersebut. Ia juga pernah meraih Juara 2 U-10 Koha Hut Nascup Jakarta, Juara U-8 SSI Arsenal Cup Jakarta, Juara 2 U-9 Mangindahan Cup Jakarta, Juara 2 McDonald Junior Futsal Championship 2012.

2

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

Seni Karya Picasso, Monet & Patung Giacometti Paling Mahal Benda seni karya para maestro impresionis dan moderen senilai US$290 juta (Rp3,3 triliun) terjual dalam lelang di New York dengan karya Picasso, Monet serta patung Giacometti menjadi yang paling mahal.

hal. 42

The Wonderboy Pergi ke Ajax

hal. 40

hal. 36

Bola

Maret 2013 lalu, putra Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang gemar sekali memakai baju atau kaos lengan panjang, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas, membuat heboh masyarakat Indonesia.

Iptek Mobil Tanpa Pengemudi “Driverless� Mobil tanpa pengemudi (driverless) akan hadir di jalan-jalan di Milton Keynes Inggris Raya pada Tahun 2015. Vince Cable, sekretaris Bisnis Perusahaan pembuat Driverless Robot Pod cars, mengumumkan sebanyak 20 kendaraan akan melakukan perjalanan pada jalur khusus terpisah dari pejalan kaki di sekitar pusat perbelanjaan kota Buckingham shire Inggris.


EDITORIAL T

Korupsi oh Korupsi

indak pidana korupsi secara garis besar mencakup unsur-unsur perbuatan melawan hukum, penyalahgunaan kewenangan, ke­ sem­patan, atau sarana memperkaya diri sendiri, orang lain, atau korporasi. Itulah Korupsi yang ak­hirnya akan merugikan keuangan negara atau per­ekonomian negara. Korupsi dalam bahasa latin adalah corrup­ tio berasal dari kata kerja corrumpere dimana mak­na­nya adalah busuk, rusak, atau menyogok. Secara harfiah korupsi merupakan se­sua­ tu yang busuk, jahat,merusak dan dapat di­ta­rik ke­simpulan bahwa sesungguhnya istilah ko­rup­ si memiliki arti yang sangat luas. Dalam arti yang lu­as itu korupsi atau korupsi politis adalah pe­nya­ lahgunaan jabatan resmi untuk keuntungan pribadi. Korupsi merupakan tindakan pe­ja­bat publik, baik politisi maupun pegawai negara, ser­ ta pihak lain yang terlibat dalam tindakan itu yang secara tidak wajar dan tidak legal. Semua yang menyalahgunakan ke­ percayaan publik yang dikuasakan kepadanya un­tuk mendapatkan keuntungan secara sepihak. adalah korupsi. Titik ujung korupsi adalah kleptokrasi, yang arti harafiahnya pemerintahan oleh para pen­curi, dimana pura-pura bertindak jujur pun ti­ dak ada sama sekali. Korupsi sering memudahkan ke­giatan kriminal seperti penjualan narkotika, pen­cu­cian uang, dan prostitusi, korupsi itu sendiri ti­dak terbatas dalam hal-hal ini saja. Untuk mem­pelajari masalah ini dan membuat solusinya, sa­ngat penting untuk membedakan antara korupsi dan kriminalitas kejahatan. Tergantung dari negaranya atau wilayah hu­kumnya, ada perbedaan antara yang dianggap korupsi atau tidak. contohnya, pendanaan partai politik ada yang legal di satu tempat namun ada juga yang tidak legal di tempat lain. Korupsi yang muncul di bidang politik dan birokrasi bisa berbentuk sepele atau berat, ter­ organisasi atau tidak. Mantan Ketua Mahkamah Kontitusi (MK) Mahfud MD menilai pelaku korupsi tak ubahnya seperti hewan. Oleh karena itu Mahfud per­nah mengusulkan dibuat sebuah kebun bagi ko­ruptor, sebagaimana dengan kebun untuk binatang. “Ini usul saya agar koruptor jangan dibikin takut, tapi dipermalukan. Dibuatlah kebun bagi koruptor,” kata Mahfud MD pada sebuah acara Anti Korupsi Jakarta. Dengan adanya kebun bagi koruptor itu, lanjut Mahfud, maka sebaiknya di­ per­tontonkan kepada publik. “Lebih baik daripada murid-murid di­su­ ruh melihat binatang setiap semester, setiap li­ bur­an. Toh sama-sama binatang juga. Orang yang melakukan korupsi, sebenarnya hatinya bi­na­tang.

Di situ kebun koruptor ditunjukkan, ini loh tampang koruptor, yang dihukum 20 tahun, se­ki­an tahun, tampilkan foto-foto korbannya,” lanjut Mahfud. Dibuatkannya kebun koruptor menurut Mahfud, dalam rangka membuat malu sehingga orang-orang tidak lagi melakukan korupsi. “Mung­kin agak lucu, menghukum ko­ruptor ini sepertinya tidak banyak gunanya dan hukumannya ringan sehingga semakin hari ko­ruptor semakin banyak dan tidak merasa malu menjadi koruptor. Bahkan koruptor itu di­perlakukan secara istimewa,” kata Mahfud. Maraknya korupsi di Indonesia seakan sulit untuk diberantas dan telah menjadi budaya. Dalam era demokrasi, korupsi akan mempersulit pencapaian good governance dan pembangunan eko­nomi. Terlebih lagi akhir-akhir ini terjadi pe­ rebutan kewenangan antara KPK dan Polri menjadi sarana adu nyali pemberantasan korupsi. Sebagai institusi yang sama-sama mena­ ngani korupsi, seharusnya KPK dan Polri bisa be­ kerja sama dalam memberantas korupsi. Tumpang tindih kewenangan seharusnya tidak terjadi jika dapat dikoordinasikan secara baik. Lembaga pemberantas korupsi yang me­ru­ pa­kan salah satu langkah berani pemerintah da­lam usa­ha pemberantasan korupsi di Indonesia. Kasus ko­rupsi dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak ber­tanggung jawab sehingga membawa dampak bu­ruk pada nama instansi hingga pada pemerintah dan negara. Hakekat hukum bertujuan untuk me­nga­ tur, dan tiap badan di pemerintahan telah memiliki ke­wenangan hukum sesuai dengan perundangan yang ada. Namun, banyak terjadi tumpang tindih kewenangan yang diakibatkan oleh banyaknya cam­ pur tangan politik buruk yang dibawa oleh oknum perorangan maupun instansi. Untuk mencapai tujuan pembangunan na­sional maka mau tidak mau korupsi harus di­ be­rantas, baik dengan cara preventif maupun rep­­resif. Penanganan kasus korupsi harus mampu mem­berikan efek jera agar tidak terulang kembali. Tidak hanya demikian, sebagai warga In­do­ ne­sia kita wajib memiliki budaya malu yang ting­gi agar segala tindakan yang merugikan ne­gara seperti ko­rupsi dapat diminimalisir Negara kita adalah ne­ ga­ra hukum. Semua warga negara Indonesia me­mi­ liki derajat dan per­lakuan yang sama di mata hukum. Dampak korupsi Berkaitan dengan dampak yang diakibatkan dari tindak pidana korupsi, setidaknya terdapat dua konsekuensi. Konsekuensi negatif dari korupsi sistemik terhadap proses demokratisasi dan pem­ bangunan yang berkelanjutan adalahyaitru ko­ rupsi mendelegetimasikan proses demokrasi de­ ngan mengurangi kepercayaan publik terhadap pro­ses politik melalui politik uang.

Korupsi mendistorsi pengambilan ke­pu­ tusan pada kebijakan publik, membuat tiadanya akun­tabilitas publik dan menafikan the rule of law. Hukum dan birokrasi hanya melayani kepada kekuasaan dan pemilik modal. Korupsi meniadakan sistem promosi dan hu­kuman yang berdasarkan kinerja karena hu­bu­ ngan patron-client dan nepotisme. Korupsi meng­ akibatkan proyek-proyek pembangunan dan fasilitas umum bermutu rendah dan tidak sesuai dengan ke­butuhan masyarakat sehingga menganggu pem­ bangunan yang berkelanjutan dan korupsi meng­ akibatkan sistem ekonomi karena produk yang tidak kom­petitif dan penumpukan beban hutang luar negeri. Jika korupsi dilakukan secara sistematik da­pat menyebabkan biaya ekonomi tinggi oleh pe­ nyimpangan intensif. Biaya politik oleh penjarahan atau pengangsiran terhadap suatu lembaga publik, dan Biaya sosial oleh pembagian kesejahteraan dan pem­bagian kekuasaan. Lantas apa solusi terbaik memberantas korupsi? Melaksanakan dan menerapkan seluruh kebijakan yang telah dibuat dengan melaksanakan penegakkan hukum tanpa pilih bulu terhadap setiap pelanggaran KKN dengan aturan hukum yang telah ditentukan dan tegas. Melaksanakan Evaluasi , Pengendalian dan Pengawasan dengan memberikan atau membuat mekanisme yang dapat memberikan kesempatan kepada kepada masyarakat, dan pengawasan fungsional lebih independen. Dalam cover story kali ini ASATUNEWS MAGZ menurunkan orang yang berani buka korupsi, di sejumlah kasus yaitu Yulianis yang berhasil kami wawancarai di berbagai tempat sampai kami berpindah-pindah untuk bisa bertemu dan mengatur jadwal yang sangat ketat. Yulianis seperti kita ketahui ia adalah saksi kunci atas kasus yang banyak melibatkan Mantan Bendaraha Umum Partai Demokrat Nazaruddin. Sebagai saksi selama kasus Nazaruddin masih bergulir, maka Yulianis akan tetap bersaksi. Kami juga berterima kasih kepadanya secara khusus karena bersedia membuka tabir sejumlah nama yang tercatat di laporan keuangannya. Bahkan lebih sadisnya lagi dalam buku catatan leng­kap Yulianis itu sempat salah satu orang suruhan par­tai besar di negeri ini sempat menawar puluhan miliar. Namun Yulianis menolak mentah-mentah tawaran itu. Karena memang dalam catatan itu sangat fantastis sejumlah nama dan orang penting pernah merasakan nikamatnya uang “haram” hasil korupsi Nazaruddin. Korupsi oh Korupsi itulah catatan yang akan menjadi tabir yang harus dikuak atas ka­sus korupsi besar di negeri ini. Hajae Koruptor!!!

Redaksi

PENERBIT PT ASATU Perdana Bangsa I PIMPINAN REDAKSI Aendra Medita | REDAKTUR PELAKSANA Purwadi Djunaedi | REDAKTUR Benny Koesbandoro, Muhammad Jusuf, Maryoto | TIM REDAKSI Mohammad Hidayat, Ajoy, Tatang Yusup, Rahmat Edy, Danang, Bahadudin | FOTOGRAFER Lusdiana CM | RANCANG GRAFIS Elly | DOKUMENTASI & RISET Budiman, Jenny | SEKRETARI REDAKSI Septy Hedy Muliastuti | TI, WEB & DATA Dadi Gunadi I Komisaris Edi Syahputra | PEMIMPIN UMUM Raden Nuh | Direktur Utama Koes Hardjono | Direktur Ahmad Irwandi Lubis | KEUANGAN & HRD Santika Boerhan | Staff HRD (General) Muhammad Yasin | PENASEHAT HUKUM Irwandi Lubis SH, Edi Syahputra SH | PENDUKUNG TEKNIS Sahri, Fahmi Andriansyah | Alamat Sekretariat/Redaksi/Pemasaran/Iklan Menara MTH Lt. 11, Jl. MT Haryono Kav 23 Jakarta Selatan 12820 | Telp: 021 - 837 84 329 | Fax: 021 - 837 84 383 | Email: redaksi@asatunews.com | iklan@asatunews. com | http://www.asatunews.com/

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

3


NASIONAL

Hakim cantik Vica Natalia mendadak ramai jadi bahan berita di semua media Ibukota dan daerah. Ini tentu bukan sematamata karena hakim di Pengadilan Negeri Jombang ini beruntung dikaruniai paras cantik, tapi karena penyebab pemecatannya yang bikin banyak orang terkaget-kaget.

Foto: istimewa

KISAH HAKIM CANTIK, VICA NATALIA

Ada Apa di Balik Tudingan Berselingkuh dengan Lima Pria?

Y

a, sebagai hakim yang seharusnya jadi tauladan, ternyata ia divonis telah berbuat asusila dengan berselingkuh dengan lima pria. Banyak pembelaan dikemukakan dalam persidangan. Namun, anehnya dalam sidang Mahkamah Kehormatan Hakim (MKH) yang digelar di Jakarta, pada Rabu (6/11) itu, seolah tidak didengar para hakim MKH. Para hakim gabungan antara Mahkamah Agung dan Komisi Yudisial itu telah ‘keukeuh’ untuk menghukum Vica dengan hukuman pemecatan. Ia kehilangan palu dan tidak bisa tampil lagi sebagai hakim di PN Jombang, tempat di mana selama ini ia beracara. Beruntung, dalam sidang itu Vica hanya divonis melakukan pelanggaran berat, sehingga masih mendapat hak pensiun. Meski demikian, toh Vica tak bisa menerima begitu saja keputusan MKH. Ia masih mencoba

4

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

mencari pembelaan dari institusi lain, misalnya Komnas Perempuan. Ia curhat dan minta pembelaan atas keputusan MKH yang dinilai tidak adil itu. Vica mengaku apa yang dilakukannya karena selama ini tak mendapat nafkah lahiriah sebagaimana istri kebanyakan. Bahkan, sejak dihembuskan kasus perselingkuhan oleh suaminya sendiri yang berprofesi sebagai seorang pendeta, ia tidak bisa lagi menghubungi anak-anaknya. Sebagai ibu, Vica seolah tak punya hak untuk menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi pada anakanaknya. Sebagai hakim, ia seolah justru merasa dihakimi sendiri oleh suaminya tanpa pernah mau mendengar penjelasannya. Dari keretakan rumah tangganya, Vica kemudian tinggal seorang diri di rumah dinas pengadilan di Jombang. Ia tidak punya tempat untuk curhat. Tak berlebihan bila sebagai pelampiasan ia kemudian banyak berhubungan dengan pria. Namun,


NASIONAL

dari tudingan yang dialamatkan padanya semuanya tidak benar. “Demi Allah, sebagai muslimah, saya tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang bertentangan dengan agama yang saya anut,” ujar Vica kepada para wartawan. Tudingan yang menyebut dirinya berselingkuh dengan setidaknya lima pria diduga hanya upaya menjauhkan dirinya dengan anak-anaknya yang dilontarkan suaminya, Siringgo-ringgo. Dalam laporannya, suaminya yang berprofesi sebagai pendeta itu, telah menyebutkan Vica berselingkuh dengan lima pria. Mereka mulai dari pejabat di Kemenkumham, polisi, pengusaha, bahkan pengacara. Didukung sebuah foto intim bersama seorang pria, para petinggi di kehakiman kemudian menyeretnya ke MKH. Dalam persidangan Vica menyertakan testimoni dari para pria yang disebut-sebut pernah dekat dengan hakim yang sehari-hari berkerudung ini. Keempat pria tersebut adalah PGD dan SS asal Surabaya, GAD asal Sulawesi Tengah, dan FS asal Bandung. Dalam persidangan di MKH, Vica juga menyertakan surat testimoni berisi bantahan yang ditulis di atas kertas bermeterai. Testimoni itu pernah diajukan juga dalam sidang perceraian dengan suaminya, Hisar Raja Parlindungan Siringoringo. Keempat orang tersebut ada yang masih kerabat Vica, teman semasa SMP, dan orang yang sudah kenal lama dengan keluarga suami Vica. Mereka ada yang berprofesi sebagai hakim, pengacara, polisi, dan pengusaha. “Saya kenal Ibu Vica Natalia sebagai istri dari Bapak Hisar Siringoringo yang sudah saya anggap sebagai saudara/kerabat/famili sebagaimana saya mengenal Bapak Hisar Singoringo maupun ayahandanya, Bapak Monang Siringoringo,” tulis SS yang juga bermarga Batak dalam surat pernyataan tertanggal 7 Mei 2013. Namun sayang, dalam sidang tertutup yang diketuai hakim agung Suwardi, dibantu hakim agung Yulius dan Sofyan Sitompul, serta empat komisioner Komisi Yudisial (KY) yaitu Imam Anshori Saleh, Taufiqqurahman Sahuri, Eman Suparman, dan Jaja Ahmad Jayus , testimoni itu seperti tidak dianggap. Vica tetap dijatuhi hukuman pemecatan. Vica dianggap melakukan tindakan indisipliner berat, sehingga perlu diberi sanksi pemecatan. Sebagai hakim, Vica tidak sepatutnya menerima seorang pengacara dalam ruang tertutup di rumahnya sampai malam hari, padahal ia tinggal sendiri. Selain itu ia diketahui membuat surat cinta kepada pengacara tersebut. Kecewa dengan keputusan tersebut, Vica kini selain mengadukan kasusnya ke Komnas Perempuan juga melaporkan kasus pencemaran nama baiknya ke Mabes Polri. Ia berharap masih ada institusi hukum yang mau membelanya. Vica optimistis bisa membersihkan namanya atas segala tuduhan dan menjaga keutuhan hubungan dengan anak-anaknya. Vica sedih karena hak-haknya sebagai ibu dihilangkan dan anak-anaknya didoktrin bahwa Vica adalah perempuan yang berselingkuh. “Perlu saya tegaskan bahwa saya sebagai seorang ibu tiga anak tidak memiliki hak saya

Demi Allah, sebagai muslimah, saya tidak melakukan perbuatanperbuatan yang bertentangan dengan agama yang saya anut.

Foto: istimewa

Vica Natalia sebagai ibu karena saya sudah dipisahkan dengan anak-anak saya, dan anak-anak saya didoktrin untuk tidak bertemu saya,” ujar Vica dengan mata berkacakaca saat memberikan keterangan pers di Komnas Perempuan, Rabu (6/11). Vica juga sangat prihatin dengan kondisi kejiwaan anak-anaknya yang masih kecil itu, karena sudah disertakan dalam permasalah ini. “Ini benar-benar ujian hidup yang teramat berat buat saya, semoga saya kuat menghadapinya,” harapnya. ASN/May

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

5


Megapolitan

Foto: ANT

POLISI TILANG SI PENEROBOS BUSWAY: Anggota kepolisian saat menilang pengemudi yang memasuki jalus busway di kawasan Senen, Jakarta Pusat. Tindakan tegas tersebut diambil karena masih tingginya angka pelanggaran pemakaian jalur busway oleh kendaraan lain selain busway.

AWAS, DENDA DI JALUR BUSWAY! Cuma Jadi Sumber Pungli Baru Setelah satu minggu diuji coba, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya sepakat untuk mulai memberlakukan lintasan TransJakarta (busway) sebagai area steril. Sepeda motor maupun mobil yang melintas di jalur tersebut akan ditilang dan dikenai denda.

6

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

P

ara pelanggar akan dikenai sanksi tegas berupa tilang dan denda maksimal Rp500 ribu (sepeda motor) dan Rp1 juta (mobil). Pemberlakukan ini setelah Pemprov DKI dan Polda Metro Jaya melihat hasil evaluasi terakhir di mana dalam masa uji coba telah terjadi penurunan yang signifikan penyerobot jalur Trans Jakarta tersebut. “Memang masih ada yang melanggar, namun jumlahnya sangat kecil. Kebanyakan yang menyerobot yang belum tahu tentang peraturan baru itu,� ujar Kadishub DKI Jakarta, Udar Pristono. Bila pada masa ujicoba kemarin pelanggar hanya diberi teguran, maka sejak 11 November ini


Megapolitan

Memang masih ada yang melanggar, namun jumlahnya sangat kecil. Kebanyakan yang menyerobot yang belum tahu tentang peraturan baru itu.

Udar Pristono, Kadishub DKI Jakarta para pelanggar akan dikenai denda. Aturan ini sejalan dengan UU Lalu Lintas No. 22 Tahun 2009 pasal 287. Polisi mengatakan sosialisasi yang sudah diterapkan selama 10 hari ini menunjukkan penurunan jumlah pelanggar. Jumlah terus turun mencapai 74 persen dibanding sehari sebelumnya. Pemberlakuan denda ini mendapat sambutan hangat pengurus TransJakarta yang selama ini terganggu oleh para penyerobot jalurnya. Kepala Badan Layanan Umum Transjakarta Pargaulan Butarbutar mengatakan, peraturan ini bisa meningkatkan target pengguna Transjakarta. Pengurus Transjakarta menargetkan 40 ribu penumpang dalam sehari. ''Makanya, sterilisasi jalur busway itu penting agar perjalanan tidak terganggu,'' katanya seperti dilansir Antara. Pargaulan menjelaskan, pelaksanakan denda ini diperkirakan akan menimbulkan efek jera bagi pengendata yang menerobos jalur busway. Bahkan Pargaulan menambahkan, jika jalan macet, polisi seharusnya menahan pengendara agar tidak menggunakan jalur busway sebagai alternatif. ''Biarkan saja mereka yang pakai kendaraan pribadi kena macet,'' kata dia. Dari sini, pengendara akan sadar bahwa pemakaian kendaraan pribadi itu tidak efektif. Alhasil mereka akan pindah ke Transjakarta. Pargaulan menjelaskan, sejumlah kebijakan sudah dilakukan Pemprov DKI seperti mengadakan taman parkir di Ragunan dan Kalideres bagi masyarakat yang mau menngunakan Transjakarta. Selain itu, pihaknya akan mendatangkan 310 Unit bus demi memasilitasi kemungkinan melonjaknya warga yang menggunakan Transjakarta. ''Pelayanan ditingkatkan dengan mendatangkan bus baru,'' kata Pargaulan. Untuk meningkatkan pelayanan, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono tahun depan pihaknya akan menambah 1000 bus baru. Bila selama ini jalur tertentu, calon penumpang terlalu lama menunggu, nantinya akan semakin cepat dilayani.

Foto: istimewa

Dengan pelayanan yang makin baik, maka masyarakat akan semakin banyak yang meninggalkan mobil dan kendaraan pribadinya di rumah yang berarti mengurangi kemacetan. Namun, sebagian pengguna TransJakarta masih ragu dengan kebijakan baru ini akan menekan kemacetan. Sebab, sering jalur busway masih diganggu oleh kendaraan para pejabat, termasuk aparat kepolisian sendiri yang ogah jalan di jalur biasa karena macet. “Petugas di lapangan benar-benar bertindak tegas dan mampu jadi contoh agar masyarakat percaya bahwa bukan saja rakyat kecil yang kena tilang, tapi siapa pun yang melanggar, termasuk aparat juga ditindak,� kata May, salah seorang pelanggan busway. Tanpa adanya ketegasan, aturan baru di jalur busway itu hanya akan jadi ajang pungli baru bagi oknum Polantas. Indonesia Police Watch (IPW) meminta Polda Metro Jaya tegas menindak anggota polisi lalu lintas (polantas) yang kerap menjebak penerobos jalur Transjakarta dengan dalih mendapatkan imbalan tertentu. Hal itu harus dilakukan seiring penerapan denda maksimal bagi pengendara penerobos jalur Transjakarta pada 11 November 2013. Neta S Pane, Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), mengatakan jika tidak dijalankan, kebijakan itu hanya akan menguntungkan oknum polantas penjebak. Angka pungutan liar (pungli) pun melonjak tajam. Jika sekarang ini para polisi tersebut mau diberi pungli antara Rp 20 ribu-Rp 50 ribu nantinya akan melonjak menjadi Rp 200 ribu-Rp 300 ribu. Menurut catatan, sepanjang 2013, total pelanggaran kendaraan memasuki busway tercatat sekitar 56.000 perkara. Dari jumlah itu, 13.054 di antaranya tercatat terjadi di Koridor IX, memuncaki angka perkara melampaui rute rawan pelanggaran lain, seperti Koridor I, III, V, dan VI. May/BBS

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

7


Megapolitan

Foto: istimewa

Pasar Rakyat Modern Ala Jokowi Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) meresmikan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan pasar rakyat di lima lokasi Jakarta yang dilakukan secara simbolis di salah satu titik yaitu Pasar Manggis, Jakarta Selatan.

8

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

"D

engan mengucap Bismillahirrahmanirrahim pembangunan Pasar Manggis, Pasar Pesanggrahan, Pasar Kebon Bawang, Pasar Kampung Duri , Pasar Nangka Bungur saya resmikan," ujar Joko Widodo di Jakarta, Rabu (6/11). Menurut dia sebelumnya pedagang harus bayar untuk sewa tempat usaha, ada yang bayar Rp200 juta hingga Rp300 juta, tahun ini kita mulai pola baru pasar dibangun dan diberikan kepada pedagang dengan gratis. Menurut dia, dengan dimulainya pola pembangunan ini maka pasar yang lain akan mengikuti. "Semoga dimulainya pembangunan ini pasar yang lain akan mengikuti dengan pola yang sama," kata dia. Sementara itu, Direktur Utama PD Pasar Jaya Djangga Lubis mengatakan pembangunan lima pasar rakyat bertujuan untuk mendukung program


Megapolitan

Pada tahap awal ada 5 lokasi pasar yang dijadikan ‘pilot project’ yaitu Pasar Manggis dan Pasar Pesanggrahan di Jakarta Selatan, Pasar Kebon Bawang Jakarta Utara, Pasar Kampung Duri Jakarta Barat, Pasar Nangka Bungur Jakarta Pusat.

pemerintah dalam rangka penyediaan sarana dan tempat berjualan bagi pedagang ekonomi lemah dan sekaligus penataan pedagang kaki lima (PKL) di sekitar pasar yang disesuaikan daya tampung pasar. "Pada tahap awal ada 5 lokasi pasar yang dijadikan 'pilot project' yaitu Pasar Manggis dan Pasar Pesanggrahan di Jakarta Selatan, Pasar Kebon Bawang Jakarta Utara, Pasar Kampung Duri Jakarta Barat, Pasar Nangka Bungur Jakarta Pusat," kata dia. Ia mengatakan pembangunan pasar rakyat ini diperkirakan akan menelan dana sekitar Rp50 miliar diperoleh tambahan kerjasama optimalisasi pembangunan Pasar Bendungan Hilir dan kavling 36-A Jakarta Pusat. "Target pelaksanaan pembangunan ini diperkirakan antara 6 hingga 7 bulan ke depan," ujar dia, Menurut dia, kepada para pedagang pasar ini nantinya akan diberikan perlakuan khusus yaitu mendapatkan kebijakan gratis sewa tempat usaha yang selama ini biaya sewa tersebut dianggap memberatkan para pedagang. "Tetapi para pedagang tersebut akan dibebankan biaya pengelolaan seperti kebersihan, keamanan, listrik dan air sesuai dengan ketentuan serta pemakaiannya," kata dia. Ia mengatakan para pedagang yang sudah mendapatkan tempat usahanya itu, dilarang untuk menjual, mengalihkan atau mengontrakkan tempat usahanya kepada pihak mana pun. "Karena mereka telah terikat dalam sebuah perjanjian pinjam pakai tempat usaha dengan jangka waktu 1 tahun dan dapat diperpanjang setiap tahunnya," kata dia. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menginginkan pasar tradisional dikelola secara modern sehingga bersih, tidak bau dan becek. "Target kita manajemen pengelolaan pasar modern ada di pasar rakyat sehingga tidak ada lagi bau, becek dan lain-lain," ujar Joko Widodo usai meresmikan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan pasar rakyat di Jakarta, Rabu. Menurut dia, agar pasar rakyat tidak kalah dengan yang lain maka harus bersih, ada sistem zonasi, dan lahan parkir.

Foto: istimewa

Djangga Lubis, Direktur Utama PD Pasar Jaya

"Yang namanya pasar supaya tidak kalah dengan yang modern maka harus ada lahan parkir, zonasi dimana semua gak campur sehingga bersih dan gak becek," kata dia. Ia mengatakan kelima pembangunan pasar rakyat (Pasar Manggis, Pasar Pesanggrahan, Pasar Kebon Bawang, Pasar Kampung Duri, Pasar Nangka Bungur) harus dirampungkan dulu dan baru menginjak ke manajemen modern. "Pokoknya bisa dan ada lahannuya bisa dan masuk. Pasar tradisional dengan pola modern," ujar dia. Untuk tahun depan, lanjutnya, akan ada 23 lokasi pasar yang direvitalisasi. Nantinya para pedagang tidak akan membayar sewa tempat usaha. Hal itu dilakukan karena selama ini biaya sewa tempat usaha memberatkan para pedagang. "Para pedagang setiap hari ada pungutan retribusi tapi tidak ada sewa kios sehinga tidak membebani pedagang. Retribusinya apa gak apal ada di perdanya," kata dia. Pembangunan pasar rakyat diperuntukkan bagi pedagang yang sebelumnya sudah berjualan di kiosnya dan pedagang kaki lima disekitar pasar. "Ini pedagang yang sudah ada dan kiosnya jadi sudah masuk dan pedagang kaki lima kanan kiri juga dimasukkan," ujar dia. Ia menambahkan apabila ada kios yang sisa, maka akan dilakukan pengundian secara terbuka sehingga semuanya bisa terlihat. "Gak ada yang mengeluh misalnya karena udah berjualan lama maka dapat lokasi yang baik. Gak ada tiitipan dan di zonakan nanti pedagangnya," kata dia. ASN

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

9


LapORANUTAMA

Bau Busuk dari ATM Bank Plat Merah BRI & BNI Walau Diebold Inc sudah dinyatakan bersalah dan dikenakan sanksi oleh Pengadilan Federal Amerika Serikat, petinggi bank pelat merah di Indonesia masih saja mencoba menangkal telah menerima suap. Padahal, BPK juga sudah mengendus bau busuk ini sejak 2009 lalu.

10

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

D

Foto: istimewa

IREKTUR Utama Bank Rakyat Indonesia, Sofyan Basir, menyangkal bila apa yang diberikan perusahaan anjungan tunai mandiri (ATM) dari Amerika Serikat, Diebold Inc, kepada karyawan BRI dan tiga bank badan usaha milik negara yang lain adalah gratifikasi. Menurut Sofyan, dana yang dikeluarkan pihak Diebold untuk itu adalah lumrah di dunia bisnis, selayaknya dana marketing. Karena, perusahaan yang bersangkutan harus mempresentasikan produk yang dijual.


LapORANUTAMA

“Dibuktikan dulu, itu gratifikasi atau bukan. Kalau itu undangan tertulis resmi perusahaan, apa bisa dibilang itu sebagai gratifikasi?” ujar Sofyan di Gedung Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Rabu lalu (6/11). Menurut Sofyan menyatakan, memenuhi undangan produsen ATM bukanlah bentuk gratifikasi. Karena, Diebold mengundang bank untuk melihat pabrik ATM, service level, dan juga pangsa pasar. “Tujuannya supaya pembeli bisa percaya dengan produk yang mereka jual. Dalam bisnis apa pun, itu sah-sah saja,” kata Sofyan. Namun, apa yang diungkapkan Sofyan itu bertentangan dengan Securities and Exchange Commission dan Departemen Kehakiman Amerika Serikat. Juga dengan sikap Diebold Inc sendiri. Seperti diberitakan Los Angeles Times edisi 22 Oktober lalu, Diebold Inc setuju untuk membayar denda sebesar US$ 48 juta untuk menyelesaikan tuduhan penyuapan pejabat di bank-bank milik pemerintah Cina , Rusia, dan Indonesia untuk memenangkan bisnis mereka. Securities and Exchange Commission dan Departemen Kehakiman Amerika Serikat mengungkapkan, Diebold Inc telah menghabiskan sekitar US$ 1,8 juta dan mengirim pejabat bank asing, termasuk Indonesia, berlibur ke Amerika Serikat dan Eropa. Diebold Inc juga memberikan hiburan dan hadiah yang

melanggar Undang-Undang Federal, yang melarang perusahaan Amerika Serikat menyuap pejabat pemerintah asing . Perusahaan itu juga dituduh memberi hadiah uang tunai tahunan berkisar dari $US 100 sampai lebih dari $US 600 untuk eksekutif bank asing, termasuk bank di Indonesia. Namun, ungkap Securities and Exchange Commission dan Departemen Kehakiman Amerika Serikat, Diebold Inc memalsukan semua pengeluaran itu dengan mencatatnya sebagai biaya pelatihan, persis seperti diungkapkan oleh Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia, Sofyan Basir. "Suap adalah suap, apakah itu setumpuk uang tunai atau pembayaran untuk semua biaya ke Eropa. Perusahaanperusahaan publik harus bertanggung jawab ketika mereka melanggar hukum dengan cara memengaruhi pejabat pemerintah lewat pembayaran yang tidak tepat atau hadiah," kata Scott W. Friestad dari Divisi Penegakan Hukum Securities and Exchange Commission. Menurut pengaduan Securities and Exchange Commission yang diajukan ke Pengadilan Federal di Washington, perbuatan Diebold itu terjadi dari tahun 2005 sampai tahun 2010 . Di antara tujuan perjalanan di Amerika Serikat yang diberikan oleh Diebold Inc, menurut Securities and Exchange Commission, adalah

Dibuktikan dulu, itu gratifikasi atau bukan. Kalau itu undangan tertulis resmi perusahaan, apa bisa dibilang itu sebagai gratifikasi?

Sofyan Basir Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

11


elly/asatu

news

LapORANUTAMA

12

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

perjalanan ke Grand Canyon, Napa Valley, Disneyland, dan Universal Studios. Juga ke Las Vegas, New York, Chicago, Washington, dan Hawaii. Selain itu, ada juga yang ditraktir berlibur dua minggu ke Eropa, antara lain ke Paris, Brussels, Amsterdam, Cologne, Frankfurt, Munich, Salzburg, Wina, Klagenfurt, Venice, Florence, dan Roma. Para suap Rusia disalurkan melalui distributor menggunakan kontrak layanan palsu untuk menyembunyikan dan palsu mencatat pembayaran sebagai pengeluaran bisnis yang sah , menurut SEC . Selain menyetujui membayar denda, Diebold Inc juga setuju mengikuti program pemantauan kepatuhan independen untuk mencegah pelanggaran serupa di masa depan, seperti diperintahkan Foreign Corrupt Practices Act. Di Indonesia, Diebold Inc melalui anak usahanya, PT Diebold Indonesia, seperti diungkap dokumen Securities and Exchange Commission, telah menyuap pejabat tinggi bank badan usaha milik negara, dengan nilai US$ 147.000 atau sekitar Rp 1,5 miliar, dalam bentuk fasilitas jalan-jalan dan hiburan. Yang disebut-sebut menerima suap itu antara lain Direktur Utama BTN. Namun, Direktur Utama BTN, Maryono, belum bisa berkomentar lebih jauh karena ia baru setahun memegang jabatan tersebut. "Saya kan baru menjabat setahun, coba tanya Pak Irman," kata Maryono kepada ASATUNEWS melalui saluran selulernya, akhir Oktober lalu. Pak Irman yang dimaksud adalah salah satu direktur di BTN, yaitu Irman Alvian Zahiruddin. Namun, saat kami hubungi, telepon selular Irman sedang tidak aktif. Lebih lanjut, Maryono mengatakan dalam tender di Bank BTN selalu diadakan lelang. “Tidak pernah penunjukan langsung,� katanya. Dalam rilis yang kami terima 25 Oktober lalu, Corporate Secretary BTN Viator Simbolon mengungkapkan, PT Bank Tabungan Negara (BTN) mengaku telah memberikan penjelasan ke Bank Indonesia (BI) terkait suap yang dilakukan Diebold Inc ke sejumlah bank pelat merah di Indonesia. “Proses pengadaan ATM telah sudah sesuai dengan aturan yang ada. Pengadaan mesin ATM yang dimenangkan Diebold telah melalui proses tender dengan mengikutsertakan perusahaan lain secara terbuka. Selama periode 20052010 pemenang tender pengadaan ATM bervariasi. Jadi, bukan hanya Diebold yang memenangkan tender selama periode tersebut," ujar Viator dalam rilis tersebut. Menurut Viator, Bank BTN terus mewaspadai hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan good corporate governance


LapORANUTAMA

“Proses pengadaan ATM telah sudah sesuai dengan aturan yang ada. Pengadaan mesin ATM yang dimenangkan Diebold telah melalui proses tender dengan mengikutsertakan perusahaan lain secara terbuka. Selama periode 2005-2010 pemenang tender pengadaan ATM bervariasi. Jadi, bukan hanya Diebold yang memenangkan tender selama periode tersebut.

(GCG) dalam setiap proses pengadaan yang dilakukan oleh internal perusahaan. Manajemen akan mengambil tindakan tegas kepada siapa saja yang tidak taat asas dan melanggar etika bisnis sehingga tidak GCG dengan memberikan sanksi tegas. “Kami serius dengan ini, karena Bank BTN sudah memberikan komitmen untuk menjalankan GCG dalam perusahaan," ungkap Viator. Viator boleh saja berbicara seperti itu. Kenyataannya, Pengadilan Federal Amerika Serikat berpandangan lain. Juga laporan audit Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) pada tahun 2009. Dalam laporan hasil pemeriksaan pengadaan barang dan jasa di BTN untuk tahun anggaran 2007, BPK menemukan telah menemukan penyimpangan. Pasalnya, menurut laporan BPK itu, BTN melakukan penunjukan langsung ke PT Diebold Indonesia (PT DI) sebagai rekanan pemeliharaan mesin ATM Diebold. Penunjukan langsung ini tidak sesuai dengan Pasal 3 PD No. 07/PD/DLOG/0600 tanggal 27 Juni 2000 yang menyebutkan, pengadaan barang dan jasa wajib dilaksanakan dengan prinsip bersaing. Itu berarti pengadaan barang dan/ atau jasa harus dilakukan melalui pelelangan atau seleksi dan persaingan yang sehat di antara penyedia barang dan/atau jasa, yang setara dan memenuhi syarat atau kriteria tertentu, berdasarkan ketentuan dan prosedur yang jelas dan transparan. Awalnya adalah berakhirnya masa garansi pemeliharaan ATM Diebold. Maka, Bank BTN kemudian menunjuk langsung PT DI untuk melakukan pemeliharaan 42 mesin ATM-Diebold. Perjanjiannya tertuang dalam surat No15/PKS/DLOG/ XII/2005 tanggal 30 Desember 2005, dengan nilai kontrak Rp586,74 juta.

Pada tahun 2006, sesuai Addendum Perjanjian No 07/ADD/ DLOG/PKS/ VIII/2006 tanggal 31 Agustus 2006, jumlah ATM-Diebold yang dimaintenance bertambah dari 42 unit menjadi 59 unit. Biaya kontraknya pun menjadi Rp790,47 juta. Pada tanggal 31 Januari 2007, Bank BTN dan PT DI menandatangani Addendum Perjanjian No.10/ADD/DLOG/ PKS/II/2007 tentang pemeliharaan 59 unit mesin ATM-Diebold. Nilai kontraknya Rp824,23 juta. Pada 25 Juli 2005, BTN mengirim surat No. 401/DLOG/VII/2005 ke PT DI. BTN meminta PT DI mendapat dukungan minimal 3 perusahaan dalam layanan berikut suku cadang untuk mengikuti proses seleksi pelaksanaan pemeliharaan mesin ATM Diebold di Bank BTN. Namun, dengan surat No.195/DI/ LO/SVR/VIII-05 tanggal 2 Agustus 2005, PT DI mengajukan permohonan untuk dapat menangani sendiri perawatan mesin ATM yang dimiliki oleh Bank BTN (tanpa business partner). “Berdasarkan surat PT DI tersebut, dengan Memo No. 446/M/DLOG/PPB/ IX/200 tanggal 29 September 2005, DLOG mengusulkan pengadaan pemeliharaan mesin ATM Diebold dilaksanakan melalui penunjukan lang­sung kepada PT DI,” demikian ditulis dalam laporan BPK. DLOG yang dimaksud adalah Divisi Logistik Bank BTN. Padahal, menurut BPK, dalam risalah rapat tanggal 3 Maret 2005 yang dihadiri oleh divisi operasi (DOPS), divisi teknologi informasi (DTI), dan DLOG diungkapkan bahwa paling tidak ada dua perusahaan yang mengajukan penawaran harga untuk pemeliharaan ATM Diebold tersebut, yaitu PT Mitra Intergrasi Komputindo dan PT Asaba Computer. Risalah rapat tersebut juga menyebutkan bahwa dimungkinkan untuk mengundang vendor lainnya. Demikian pula perpanjangan pemeliharaan 59 unit mesin ATM Diebold periode 22 Desember 2006 sampai dengan 21 Desember 2007, tidak didahului evaluasi/kajian yang cukup, baik dari segi teknis, service level agrement (SLA), maupun harga (biaya). “Mengapa pelaksanaan pengadaan harus menunjuk langsung kembali PT DI? Bahkan dalam memo DLOG No.12/M/ DLOG/I/2007 tanggal 11 Januari 2007 kepada Direktur II diketahui bahwa pada saat pengajuan usulan perpanjangan perjanjian pemeliharaan 59 unit mesin ATM Diebold, DTI belum memberikan tanggapan dan pendapat atas usulan perpanjangan tersebut (sesuai memo permintaan DLOG No.650/M/DLOG/PBP/XI/2006 tanggal 22 November 2006),” ungkap BPK. Tim Asatunews

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

13


Sorot

Foto: istimewa

Kasus SKK Migas Disidang Dirut Pertamina Terlibat? Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum bisa memastikan kapan bos Kernel Oil Singapura, Widodo Ratanachaitong, akan diperiksa, meski bos Kernel Oil Indonesia Simon G Tanjaya sudah disidang.

“M

ungkin dalam mendakwa Simon tidak diperlukan keterangannya, jadi tidak dipanggil. Tapi, masih ada yang lain dalam proses penyidikan, apakah dipanggil, nanti kita lihat. Saya belum tahu," tutur Juru Bicara KPK Johan Budi di kantornya, Jakarta, Kamis (7/11). Menurut Johan, KPK bisa saja memanggil warga negara asing seperti Widodo yang

14

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

berkewarganegaraan Singapura, asalkan melalui koordinasi dengan tempat ia tinggal. "Otoritas di sana ada yang disebut MLA kalau dia warga negara asing. Sampai hari ini, saya belum pernah dengar yang kaitannya dengan Simon meminta keterangan Widodo," ujarnya. Widodo diketahui memiliki peran yang sangat penting dalam ekspansi tender Kernel Oil di SKK Migas. Pertemuan Widodo dan Devi Ardi di Singapura merupakan langkah awal untuk memuluskan aksi suap kepada Kepala SKK Migas, Rudi Rubiandini. Widodo menyetujui dan memerintahkan Simon untuk menyerahkan sejumlah uang dalam dua kali transaksi kepada Ardi di Indonesia. Widodo juga mengirimkan uang tersebut ke rekening Simon. Penangkapan yang dilakukan KPK bertepatan dengan


SOROT

Kami tak akan tinggal diam sebab kami tak ada hubungan dengan kasus itu.

illustrasi: asatunews

penyerahan tahap dua uang titipan itu melalui Simon Gunawan. Widodo juga telah menyampaikan sangkalan atas keterlibatannya dalam dugaan suap SKK Migas. “Kami tak akan tinggal diam sebab kami tak ada hubungan dengan kasus itu,” kata Widodo. Kendati tak bersedia berkomezzntar banyak kala itu, Widodo menyampaikan rencana merilis bukti-bukti. Sedemikian penting peran Widodo, KPK belum memberi jawaban pasti. "Makanya, proses ini belum selesai, masih ada yang lain. Apakah akan dipanggil, saya belum tahu," kata Johan. Sementara Simon Tanjaya Komisaris PT Kernel Oil Pte menjalani sidang pembacaan dakwaan di Pengadilan Tipikor Jakarta. Kasus yang melibatkan suap di Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Simon didakwa telah menyuap Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini dengan perantara pelatih Golf Deviardi. Simon didakwa menyuap Rudi hingga US$ 900 ribu untuk tender tersebut. Simon menyuap agar Rudi menyetujui Fossus Energy Ltd sebagai pemenang lelang terbatas Kondensat Senipah periode Juli 2013. "Penyuapan dilakukan untuk memuluskan tender kondensat di Senipah periode Juli-Agustus 2013," ujar Jaksa Penuntut Umum saat membacakan dakwaan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (7/11/). "Simon bersama pihak lain juga meminta kepada Rudi agar Fossus Energy, sebagai pemenang lelang terbatas minyak mentah bagian negara dengan kondensat

Senipah periode Agustus 2013," ujar Rum. Simon dijerat Pasal 5 ayat 1 huruf a UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. Pengacara Simon, Yanuar P Wisesa, Sebab pengacara maupun Simon sudah mengerti isi dakwaan. "Karena itu kami tidak mengajukan eksepsi (surat keberatan)," tutur Yanuar. Karena tidak mengajukan eksepsi, Ketua Majelis Hakim Tati Hardianti memutuskan sidang kasus ini langsung masuk ke pemeriksaan saksi-saksi pada sidang selanjutnya. Simon ditangkap penyidik KPK di kediamannya, di Apartemen Mediterania, Jakarta. Penangkapan dilakukan setelah penyidik menggerebek Rudi dan Ardi yang bertransaksi suap di rumah Rudi, di Jalan Brawijaya VIII, Kebayoran Baru, Jaksel, Selasa (13/8) sekitar Pukul 22:30. Dalam operasi tangkap tangan (OTT) itu penyidik KPK berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, di antaranya uang sebesar 400 ribu dolar AS. Selain itu, KPK juga kembali mengamankan uang 90 ribu dolar AS dan 127 ribu dolar Singapura dari tangan Rudi. Sementara di rumah Ardi, di Jalan Holtikultura, Pasar Minggu, juga ditemukan uang 200 ribu dolar AS. Lebih lanjut Johan menyatakan, uang-uang yang ditemukan selain dari tangan Rudi diyakini bukan dari Simon. Uang ini, menurut Johan, bisa saja diterima dari pihak-pihak lain. Uang itu di antaranya adalah yang diamankan KPK dari deposit box milik Rudi, berjumlah sekitar 350.100 dolar AS, dan dari tas hitam di ruang kerja Sekjen Kementerian ESDM, Waryono Karno,

sebesar 200 ribu dolar AS. “Kami meyakini uang-uang ini bukan dari Simon, dari mana (uang itu)? Itu yang sedang kita dalami. Apakah dari pihak lain, perusahaan lain atau uang milik Rudi sendri,” beber Johan. Terkait kasus ini, KPK telah menahan Rudi bersama Ardi di Rutan yang berada di dalam Gedung KPK. Sementara, Simon telah ditahan di Rutan Pomdam Jaya Guntur, Jaksel. Sementara itu terkait SKK Migas Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan diperiksa selama 10 jam, Karen Agustiawan, akhirnya keluar dari gedung KPK dengan rona wajah yang tak biasa. Kepada wartawan mengaku telah membeberkan semua keterangan yang dibutuhkan KPK. "Saya sudah menyampaikan semua keterangan sebagai saksi terkait pak Rudi Rubiandini kepada penyidik secara detail,"katanya saat dikonfirmasi di halaman gedung KPK, Jakarta, Kamis, (7/11). Meski begitu Karen enggan terus terang perihal apa saja yang ia beberkan, "Tanyakan saja di penyidik KPK. Terus kalau hal-hal lain, silahkan dengan Pak Ali Mundakir,"kata Karen, dia. Ali Mundakir yang dimaksud adalah Vice President Corporate Communication PT Pertamina. Tanpa basa-basi lagi, Karen berjalan perlahan melintasi kerumunan wartawan menuju mobilnya yang sudah terparkir di depan tangga KPK tanpa memberi informasi tambahan kendati pertanyaan wartawan terun menghujani pertanyaan. ASN

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

15


EKONOMI

Terkait Pungutan OJK Masih Tunggu Peraturan Pemerintah Foto: istimewa

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) masih menunggu pengesahan peraturan pemerintah (PP) sebelum memberlakukan iuran kepada perusahaan yang bergerak di industri pasar modal, perbankan, dan sektor jasa keuangan lainnya.

16

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013


EKONOMI

"PP

-nya baru akan ditandatangani, kita tunggu PP-nya dulu," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad saat ditemui di sela-sela sebuah seminar di Jakarta, Kamis. Muliaman juga masih belum bisa menjawab besaran iuran yang akan dibebankan kepada industri khususnya iuran perbankan yang akan berada di bawah pengawasan OJK awal 2014 mendatang. "Nanti, tunggu saja ya," ujar Muliaman. Muliaman menekankan, komunikasi dengan industri jasa keuangan terkait besaran pungutan menjadi hal yang sangat penting bagi OJK sebab menurutnya program kerja pihaknya yang akan dibiayai dari pungutan tersebut harus menciptakan nilai tambah bagi industri jasa keuangan itu sendiri. "Sehingga isunya bagaimana me-recycle pungutan itu menjadi berbagai macam kegiatan yang bermanfaat buat industri," kata Muliaman. Dengan berbagai macam program kerja dari iuran tersebut, lanjutnya, diharapkan kemudian memberikan dampak terhadap menguatnya confidence industri dan menciptakan iklim yang lebih positif. Program kerja yang dibiayai dari pungutan itu dikembalikan dalam bentuk yang berbeda dan produktif, salah satunya seperti melakukan edukasi melalui pelatihan dan seminar, ujarnya. "Oleh karena itu kita ingin ada semacam time frame dalam lima tahun itu seperti apa sehingga tidak memberatkan industri. Nanti kita aturlah bagaimana mekanismenya," kata Muliaman.

Sengketa Harus Diselesaikan OJK didirikan untuk memberikan keseimbangan antara lembaga jasa keuangan dan konsumen. OJK harus menyeimbangkan dua kepentingan yang saling berkaitan yaitu kepentingan lembaga jasa keuangan dan kepentingan konsumen. Hubungan antara lembaga jasa keuangan Dan konsumen akan selalu diwarnai Oleh dinamika yang sangat beragam. Tidak selamanya hubungan antara lembaga jasa keuangan Dan konsumen berjalan beriringan. Adakalanya terdapat suatu sengketa diantara keduanya. Sengketa antara konsumen dengan lembaga jasa keuangan perlu segera dicari selusinya agar hubungan baik yang terjalin dapat terus terbina. "Sengketa yang berlarut-larut akan mengakibatkan berkurangnya kepercayaan konsumen kepada lembaga jasa keuangan,"kata Kusumaningtuti Soetiono Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi Dan Perlindungan Konsumen OJK, di Jakarta Kamis (7/11). Penyelesaian sengketa konsumen secara cepat akan akan menambah kepercayaan konsumen kepada lembaga jasa keuangan. Tujuan pembentukan OJK seperti tertuang pada undang-undang No 21 tahun 2011 antaralain mampu mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil dan mampu melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat RAE

Muliaman D Hadad Ketua Dewan Komisioner OJK

Foto: istimewa

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

17


Bisnis

BMAI Akui Kasus Ahmad Dhani tidak Masuk Laporan Kasus klaim asuransi Ahmad Dhani terhadap perusahaan asuransi PT Prudential Indonesia tidak termasuk sengketa yang tidak terdaftar di BMAI. 18

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013


Bisnis

Paling banyak laporan sengketa ke BMAI dari perusahan asuransi jiwa, umumnya ten tang prinsip perjanjian atau kontrak yang dilakukan tertanggung pada perjanjian konktrak antara nasabah dengan perusahaan asuransi sebagai penanggung, nasabah tidak membuat pada perjanjian itu dilakukan tidak jujur.

"K

asus klaim yang diajukan Ahmad Dhani ke PT Prudential Indonesia tidak pernah dilaporkan ke BMAI," kata Ketua Badan Mediasi Asuransi Indonesia (BMAI), Frans Lamury di Jakarta. BMAI siap melayani dan menerima aduan bila terjadi sengketa antara tertanggung (nasabah) dengan penanggung (perusahaan asuransi). Karena BMAI dibentuk untuk memberikan keadilan antara kedua yang sedang bersengketa, Padahal BMAI sendiri berdiri sejak tahun 2006, lembaga khusus until menyelesaikan klaim asuransi antara nasabah dengan perusahaan asuransi di Indinesia, saat ini lembaga ini juga termasuk yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Proses pengajuan sengketa ke BMAI mudah, pemohon dapat mengisi formulir permohonan pengajuan penyelesaian sengketa lalu ditangani mediator, setelah itu BMAI akan menghubungi pihak perusahaan asuransi dan memberikan jawaban dalam waktu 3 hari. BMAI menurut Frans Lamury hadir karena banyaknya persengketaan yang terjadi di asuransi Jiwa.

Hal ini diungkapkan Frans Lamury karena BMAI didirikan bukan untuk mengurusi sengketa tertanggung atau nasabah asuransi dan membela penanggung atau perushaan asuransi. "BMAI didirikan tujuannya untuk menegakkan kebenaran dan melakukan perdamaian antara pihak tertanggung dengan perusahaan asuransi,"ujar Frans. Diakui Ketua BMAI penyelesaian klaim asuransi sering tidak memuaskan tertanggung, dengan demikian berakibat memburuknya citra industri perasuransian nasional. "Disinilah peran BMAI dibutuhkan karena BMAI didirikan untuk memperbaiki citra perusahaan asuransi,"jelasnya. Pendiri BMAI oleh industri perasuransian melalui asosiasi usaha perasuransian yang bernaung dibawah Federasi Asosiasi Foto: istimewa Perasuransian Indonesia (FAPI). Sejak dibentuknya BMAI telah menerima 464 pengaduan sengketa. "Paling banyak laporan sengketa ke BMAI dari perusahan asuransi jiwa, umumnya ten tang prinsip perjanjian atau kontrak yang dilakukan tertanggung pada perjanjian konktrak antara nasabah dengan perusahaan asuransi sebagai penanggung, nasabah tidak membuat pada perjanjian itu dilakukan tidak jujur," tegas Ketua BMAI. Dengan ketidak jujuran dalam membuat kontrak dengan perusahaan asuransi ini selalu terjadi sengketa antara nasabah dengan perusahan asuransi, karena nasabah merasa haknya sebagai tertanggung harus dibayarkan bila terjadi klaim. Seperti pengisian kontrak yang tertera apakah nasabah pernah mempunyai penyakit jantung, tapi ditulis tidak pernah, ketika nasabah itu meninggal dunia, ahliwarisnya tidak dapat mendapatkan uang dari klaim yang diajukan dari perusahaan asuransi. "Hal ini banyak terjadi karena dianggap ketika melakukan kontrak tidak dilakukan dengan jujur," tutupnya. RAE

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

19


GAYAHIDUP

Rahasia Kecantikan Putri Keraton Seorang putri Raja tentunya akan mendapat perlakuan khusus terutama dalam hal menjaga penampilan dan kecantikannya. Untuk urusan menjaga penampilan, seorang putri raja harus memperhatikan beberapa hal tertentu agar ia selalu terlihat menawan baik dari dalam maupun luar. Foto: istimewa

20

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013


GAYAHIDUP

Tips Luluran yang Benar L

uluran saat ini sudah menjadi gaya hidup. Dahulu sebelum terkenal seperti sekarang ini luluran ber足la足ku hanya untuk acara penting saja yakni pada acara-aca足ra pernikahan. Luluran pun saat ini tidak hanya dikhususkan untuk kaum hawa saja. Lingkupnya sudah luas baik perempuan atau pria sama saja bahkan ada pula yang dikhususkan untuk anak-anak. Asalkan ada kemauan, mereka bisa melakukan luluran. Luluran saat ini beragam pilihannya ada yang menggunakan cokelat, tanah, kunyit, bengkoang, lumpur, kuning, dan lainnya. Kita juga bebas menentukan cara yang kita mau, bisa dengan cara tradisional ataupun modern. Dari segi medis luluran dapat mengangkat selsel kulit yang telah mati dan juga memberikan efek rileks terhadap tubuh saat proses luluran tersebut. Berikut tips memakai luluran yang benar:

J

Foto: istimewa

ika ingin mengikuti cara putri Raja terutama dari keraton Jawa dalam menjaga penampilan mereka, yang perlu Anda perhatikan dalam menjaga penampilan agar menjadi cantik layaknya seorang putri:

1. Siraman,Tahap perawatan pertama ala putri keraton adalah mandi atau melakukan siraman dengan air rendaman bunga sedap malam. Bagi seorang putri keraton sendiri, biasanya dalam tahap ini, akan disertai dengan alunan musik gending klasik untuk memanjakan pendengaran (asmartaswara). Selain itu, gending ini juga diperlukan untuk menghadirkan suasana rileks saat perawatan. 2. Menggunakan kain sutera dingin Setelah mandi, tubuh lalu balut dengan kain sutera yang telah didinginkan di dalam guci yang dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Lembutnya kain sutera dipercaya bisa memberikan sensasi awal pada indera peraba (asmarasutra). Setelah itu, tubuh akan dipijat menggunakan minyak aromaterapi. Relaksasi saraf dan otot bagian bawah kulit diperlukan untuk melancarkan peredaran darah. 3. Scrubbing Setelah itu, tubuh akan di-scrub dengan bahan kelapa parut untuk mengangkat kulit mati, debu, dan kotoran. Scrub ini juga berfungsi untuk menghilangkan bau badan dan memberi nutrisi pada kulit. Saat melakukan scrubbing, ruangan diberi uap aromaterapi bungan sedap malam untuk merangsang indera penciuman .Tujuannya agar si putri merasa lebih rileks dan tenang. 4. Minum jamu Terakhir, kunci dari perawatan ini adalah tradisi minum jamu atau rempah-rempah untuk diminum. Jamu yang disajikan usai terapi adalah ramuan minuman sehat yang terdiri dari cengkih, santan, dan juga gula batu. Tujuan dari meminum jamu ini adalah merangsang indera pengecap . Minuman jamu usai terapi ini memiliki beberapa manfaat antara lain mencerahkan kulit wajah, menghilangkan jerawat, dan membuat awet muda.

1. Beli atau gunakan produk lulur yang mempunyai beads (butiran pengelupas) yang halus agar tidak menimbulkan iritasi karena gesekan saat pelepasan selsel kulit yang mati dari tubuh. 2. Disarankan saat melakukan peluluran kondisi kulit sedang kering atau tidak basah, jadi usahakan saat ingin melakukan luluran jangan mandi terlebih dahulu. Karena jika dilakukan sesudah mandi di mana saat kondisi permukaan kulit licin dan basah, proses pengangkatan sel-sel kulit yang mati tidak bisa dilakukan secara sempurna. 3. Saat melakukan peluluran, lakukanlah mulai dari tubuh bagian atas terlebih dahulu lalu bertahap sampai ke bawah. Bila luluran dari bawah ke atas, maka bagian tubuh bawah bisa terkotori lulur dari atas. 4. Pada saat melakukan peluluran lakukanlah dengan cara seperti orang memijat yakni dengan menggerakan tangan maju mundur dan melingkar. Gerakan tersebut dapat memberikan efek rileks pada tubuh dan mengencangkan kulit serta membuat kulit menjadi bersih. 5. Setelah selesai semua proses di atas, bilas bagian tubuh yang sudah dilulur dengan air yang bersih. Jika Anda masih belum puas akan hasil luluran Anda, cobalah untuk rutin melakukan luluran seminggu 2 kali agar mendapatkan hasil yang sempurna sesuai keinginan Anda. JOY Foto: istimewa

JOY

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

21


Wisata

Yogyakarta, ‘Surganya’ Kuliner Murah & Ueeenak... Sudah sejak lama Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar. Selain itu, Yogya menjadi salah satu tujuan wisata paling favorit negeri ini. Selain sarat dengan peninggalan budaya, Yogya juga menawarkan wisata kuliner yang enak. Lebih menariknya, dini harganya sangat merakyat. Ya, setidaknya paling terjangkau oleh para mahasiswa.

W

isata kuliner di Yogya Anda tidak akan sampai mengancam jebolnya kantong Anda. Sebab, sebagai kota pelajar, harga yang diberlakukan pun harus sesuai dengan kantong para mahasiswa dari berbagai penjuru negeri yang sedang menempuh ilmu di sana. Jangan heran kalau di Yogya akan menemukan paket-paket harga makanan yang bikin Anda tercengang. Satu paket makanan cepat saji mirip resto top asal Amerika misalnya hanya dihargai Rp5.000.

Foto: istimewa

22

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

Di dalam paket itu selain ada nasi dan paha ayam goreng tepung crispy ala Barat juga masih ditambah es teh manis. Anda ingin menikmati paket di atasnya yakni dengan lauk paha ayam yang jumbo, harganya plus nasi dan es teh manis hanya Rp8 ribu. Bisa Anda bandingkan dengan resto cepat saji mana pun? Pasti jauh lebih miring. Meski terkesan murah, namun layanannya sangat mirip restoran cepat saji ala AS itu. Selain tempat bersih dan pelayannya juga profesional , pesanan


Wisata

Foto-foto: Maryoto/Asatunews

cepat tersaji. Tak mengherankan kalo rumah makan Olive yang meskipun lokasinya masuk ke jalan kecil di bilangan Jl Raya Kaliurang Yogya itu selalu ramai oleh hirukpikuk mahasiswa Yogya yang identik dengan remaja kos-kosan itu. “Hampir tiap hari saya makan di sini. Bahkan, kadang kalau pas bareng temen sefakultas kumpul-kumpul di sini bisa sampai dua kali dalam sehari,” ujar Ivan, mahasiswa Teknik Elektro dan Informatika UGM. Petang itu di tengah hujan gerimis yang bikin perut terasa makin lapar, puluhan kursi aneka warna di Olive tampak penuh. Meski demikian, antrean calon pembeli tetap mengular sampai 10an orang. Menurut manajemen Olive, beda dengan restoran cepat saji lain yang tutup berpatokan pada jam operasional, di Olive justru tutup ketika stok makanan sudah habis. Tapi, rata-rata makanan akan habis pada pukul 20.00 WIB. “Jarang sampai jam sepuluh malam. Malah kalau pas ramai seperti musim penerimaan mahasiswa baru sering jam enam atau tujuh sudah ludes,” ujar salah seorang staf Olive. Selain makanan modern khas anak muda zaman sekarang, hampir semua makanan di Yogya harganya sangat ekonomis. Makanan standar sarapan pagi seperti nasi gudeg, sayur krecek plus telur bulat yang banyak disajikan di sejumlah pinggiran ruas jalan misalnya hanya dipatok Rp5.000. Harga bubur ayam ataupun sejenisnya yang cocok untuk pengisi perut di saat akan beraktivitas justru bisa didapat hanya dengan Rp3.000-4.000/porsi. Padahal, bagi Anda yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, harganya bisa sampai Rp7.000. Makan siang juga murah? So pasti! Yogya yang dikenal sebagai ‘sorga belanja’ menawarkan makan siang bagi siapa pun dengan harga yang super hemat. Soto ayam kampung campur nasi yang hanya Rp5.000/ porsi misalnya bisa didapatkan di sejumlah tempat, termasuk di RM Soto Pak Gareng di kawasan Jalan Hayamwuruk Yogya. Masih di ruas jalan yang sama juga ada sate ayam yang ‘maknyos’ yang hanya dipatok Rp15.000/porsi. Bagi yang mau menikmati nasi

gudeg, harganya juga pada kisaran Rp5.000an. Malah, buat yang mau berkuliner dengan nuansa sayuran bersama para bule, bisa menikmati nasi pecel yang banyak dijajakan di emperan Malioboro hanya dengan Rp7.000 atau juga menyantap lotek (semacam gado-gado) hanya dengan Rp5.000. Yang membedakan Yogya dengan tempat lain, tidak ada istilah ‘main harga’ di sini. Sekalipun Anda bukan orang Yogya, bahkan, tidak bisa bahasa Jawa, harga yang berlaku tetaplah sama dengan yang lain. Inilah yang kemudian menjadi nilai tambah Yogya sebagai tujuan wisata keluarga. Pada setiap musim liburan, ribuan wisatawan dari dalam maupun manca negara tumplek di Yogya. Mereka bukan saja menikmati peninggalan sejarah, namun juga berburu benda-benda unik dan kreatif khas Yogya. Dan yang tak pernah terlewatkan tentu, menikmati Yogya sebagai surga kuliner negeri ini. Bila para mahasiswa asal daerah lain menjadi betah tinggal di Yogya, dan bahkan kadang malas kembali ke daerah asal, bagi para orang tua yang sudah menikmati wisata kuliner khas Yogya pasti tak akan pernah melewatkan makanannya. Ke Yogya tanpa mencicipi kulinernya, serasa tak berkesan. May

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

23


DUNIA

Bali Democracy Forum

SBY Harus Pecat Staff yang Bodoh

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) secara resmi membuka Bali Democracy Forum (BDF) ke-VI tahun 2013 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua Bali, Kamis (7/11/2013). 24

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

Foto: istimewa


DUNIA

B

Foto: istimewa

ersama Sultan Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin Waddaulah dari Brunei Darussalam dan Perdana Menteri Republik Demokratik Timor Leste Kay Rala Xanana Gusmao, Presiden SBY secara bergantian memberikan sambutan pada acara pembukaan tersebut. Presiden SBY menilai, tema BDF VI tahun 2013 “Consolidating Democracy in a Pluralistic Society” mencerminkan tantangan yang selama ini dihadapi Indonesia. Dalam sambutannya pada pembukaan BDF ke-VI, SBY mengemukakan, lebih dari satu dekade lalu, ASEAN mulai menuju satu komunitas ekonomi, budaya maupun keamanan bidang politik. Bangsa Indonesia merupakan cerminan kemajemukan di kawasan Asia Pasifik. Selama berabadabad, kata Presiden, beragam peradaban, suku, agama dan budaya telah tumbuh subur di negeri ini. SBY menyampaikan hak konstitusional bagi warga negara harus dijamin. Supremasi dari aturan hukum harus selalu ditegakkan. Partisipasi masyarakat harus dipromosikan dalam proses yang mempengaruhi kehidupan mereka dalam pengambilan keputusan. Dan terus menerus interaksi antar

komunal harus dipromosikan agar meningkatkan saling pengertian, toleransi dan kohesi sosial. Keamanan selama berlangsung BDF khususnya di seputaran Bali dalam kondisi yang kondusif. Hal ini tidak terlepas dari kesiapan Satuan Tugas Pengamanan BDF ke-VI Tahun 2013yang bersinergi, baik TNI, Polri maupun masyarakat Bali. BDF ke-VI di Bali, diikuti oleh 84 negara kawasan Asia Pasific, antara lain Jepang, Australia, Azerbaizan, Fiji, India, dan Solomon. Pidato Copas Dalam acara ini juga dikabarkan ada berita Copas atas pidato Wapres Boediono, Respon ini pun muncul bahkan respon keras adalah dari Yusril Ihza Mahendra yang menyarakan agar Sarankan Presiden Pecat Stafnya Mantan penyusun pidato Presiden Soeharto, Yusril Ihza Mahendra menyebut, insiden pidato Wakil Presiden Boediono dalam pembukaan Indonesia Investment Summit 2013 yang serupa alias copy paste dengan isi pidato pada pembukaan Indonesia Investment Summit 2012, memalukan. “Hal itu tersebut menggambarkan penulis pidato wapres tidak mempersiapkan isi pidato dengan baik. Agar peristiwa memalukan semacam itu tidak terulang lagi, Yusril menyarankan presiden memecat staf-stafnya yang 'ngawur' dan bodoh. Sebab, menurut Yusril, pidato yang isinya sama merupakan kesalahan fatal. Pidato yang tidak 'up to date' dan hanya 'copy paste' merupakan kesalahan fatal. Makanya harus diganti dengan staf yang lebih profesional kinerjanya," kata Yusril seraya menerangkan, teks pidato presiden dan wapres dibuat satu orang.

Hal itu tersebut menggambarkan penulis pidato wapres tidak mempersiapkan isi pidato dengan baik. Agar peristiwa memalukan semacam itu tidak terulang lagi, Yusril menyarankan presiden memecat staf-stafnya yang ‘ngawur’ dan bodoh. Sebab, menurut Yusril, pidato yang isinya sama merupakan kesalahan fatal. Pidato yang tidak ‘up to date’ dan hanya ‘copy paste’ merupakan kesalahan fatal. Makanya harus diganti dengan staf yang lebih profesional kinerjanya.

Yusril juga bercerita ia dulu langsung dipecat sebagai menteri bukan karena bodoh. Namun, karena ia suka berbeda pendapat dengan presiden. Padahal, maksudnya untuk mengingatkan presiden agar tidak malu jika melakukan tindakan yang salah. ”Rupanya presiden lebih suka memiliki staf yang bodoh asal tidak suka beda pendapat. Makanya peristiwa memalukan seperti insiden pidato Boediono bisa terjadi,” kritik Yusril. ASN

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

25


DUNIA

Betulkah Piadoto Wapres Copas? Pidato Wakil Presiden Boediono dalam ajang Indonesia Investment Summit 2013, Kamis (7/11) memicu kontroversi. Pidato itu ternyata memiliki mirip dengan pidato Wapres di ajang yang sama tahun lalu. Apakah pidatonya copy paste?

R

epublika mendapatkan dua naskah pidato Wapres Boediono dari ajang Investment Summit 2012 dan 2013. Berikut bagianbagian yang sama persis di dalam naskah pidato tersebut:

1. Bagian Pembukaan Pidato 2012: It is my great pleasure to welcome you all to Jakarta. I would like to congratulate BKPM - the Investment Coordinating Board - and the International Herald Tribune for organizing this very important gathering. The main purpose of this two-day gathering is to share among the participants the most accurate, up-to-date and first-hand information about this country. Pidato 2013: It is my great pleasure to welcome you all to Jakarta. I would like to congratulate BKPM - the Investment Coordinating Board - and the Financial Times for organizing this very important gathering. As was the case last year, the main purpose of this one-day gathering is to share among the participants the most accurate, upto-date and first-hand information about this country. 2. Bagian Krisis 2008 Pidato 2012 First, we went through the 2008 global crisis basically unscathed. Yes, there was some dent in our growth but we then quickly and strongly recovered. And again in the mid of the current ongoing crisis we have been able to maintain our growth at 6+% while sustaining the steady decline in our unemployment and poverty rates. Pidato 2013: First, we went through the 2008 global crisis basically unscathed. Yes, there was some dent in our growth but it then quickly recovered. Until last year we had been able to maintain our growth at 6+ % 3. Bagian Pentingnya Indonesia Pidato 2012 We are blessed with vast and varied natural resources and formidable human resources. Our domestic markets are substantial and are growing fast, thanks to the blossoming of our middle class. The age structure of our population is young, opening the potential for reaping significant demographic dividends in the years to come. Pidato 2013: But Indonesia is prospective for some other important reasons. We are blessed with vast and varied natural resources. Our Foto: istimewa

26

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013


DUNIA

domestic markets are large and growing fairly fast, thanks to the blossoming of our middle class and consuming groups. The age structure of our population is young, opening the significant potential for reaping demographic dividends in the years to come. 4. Bagian Demokrasi Indonesia Pidato 2012 I must add one more reason why you ought to seriously consider Indonesia as your investment destination, and it has an important long run implication, namely our political stability. Despite numerous initial hurdles, our Reformasi has succeeded in placing and keeping our democracy on the right track. Our democracy is robust and it has so far underpinned the generally peaceful implementation of so many elections and the smooth process of changes in government, both at the national and regional levels. I believe it is precisely because our democracy works that many corrupt practices have recently been uncovered and are being vigorously prosecuted. Pidato 2013: I must add one more reason why you ought to seriously consider Indonesia as your investment destination, and it has an important long run implication, namely political stability. Despite many initial hurdles, our Reformasi has succeeded in placing our democracy on the right track. Our robust democracy has underpinned the generally peaceful implementation of so many elections and the smooth process of changes in governments, both at the national and regional levels. I believe it is because our democracy works that many corrupt practices recently uncovered and prosecuted. 5. Bagian Infrastruktur Pidato 2012 But of course Indonesia is not a country without problems, and some of them need urgent solutions. The most glaring one is deficiency in infrastructures. We must be honest and admit that, for a combination of reasons, we are behind in developing our infrastructures, virtually all kinds of infrastructures. But in the past few years we have been working hard to offset these problems. A number of important initiatives have been taken in developing the capacity of our ports, airports, roads, railways, power plants, urban facilities, renewable energies, gas infrastructures etc. More still need to be done and soon. We cordially invite and welcome your participation Pidato 2013: But I readily admit that we have outstanding problems, and some of them need urgent solutions. The most glaring one is deficiency in infrastructures. We honestly admit that, for a number of reasons, we are behind in infrastructure development, in virtually all sorts of infrastructure. But in the past few years we have been working hard to do the catching up. In the next two years, a number of important projects such as ports, airports, roads, railways, power, urban facilities, renewable energies and gas infrastructures will be completed and ready for operation. Many more projects are being prepared.

We cordially invite and welcome your participation. 6. Bagian Kepastian Hukum Pidato 2012 The second group of problems pertains to regulations and legal certainty, including inconsistent and overlapping policies and regulations at the central and local levels. I am fully aware that there are still complaints among business community here about these matters. I cannot deal on these problems in detail here, but I hope you will discuss them in the appropriate sessions with our Ministers. I can only assure you that the government remains fully committed to systematically improve the business and investment environment in this country. Pidato 2013: The second group of problems relate to regulations and legal certainty. I am fully aware that there are still complaints among business community here about these issues. I hope in some of the sessions you get a brief on the progress in this area. I can only assure you that the government is fully committed to continue improving the business and investment environment in this country. 7. Bagian Buruh Pidato 2012 Let me close my remark with some comments on the issue of human resources. First, you may notice that lately there has been an increasingly assertive labor movement to demand better pay and work conditions. I think we must accept it as a product of our democratization process, and as such we all should respect it accordingly. Pidato 2013: Let me close my remark with some comments on the issue of human resources. First, lately there has been increasing activity of workers to demand better pay and work conditions. I think peaceful demonstrations and even strikes must be accepted as part of our democracy at work. 8. Bagian Pelatihan Tenaga Kerja Pidato 2012 Another issue related to human resources is training. Adequate pool of labor with appropriate skills is key to growth and it will become a serious bottleneck in the years to come, and even sooner if we do not start dealing with it now. We are currently reviewing all of our training programs and are seeking closer cooperation with the private sector in order to anticipate this impending problem. The government is open to suggestions and welcomes cooperation from the business community on this matter. Pidato 2013: Another issue related to human resources is training. The government is fully aware that shortage of labor with appropriate skills will become a serious bottleneck in the years to come, if we do not do something now. The government very much welcome suggestions from the business community on how to jointly anticipate this problem. ASN

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

27


Sosok

Arzeti Bilbina

Semangat Pengabdian

Foto: istimewa

Model dan presenter Arzeti Bilbina mengatakan, jika dirinya terjun dalam politik dilandasi dengan semangat pengabdian. Arzeti masuk dalam dunia politik, dengan menjadi calon legislator (caleg) dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

A

rzeti memutuskan untuk terjun dalam dunia politik merupakan pilihan yang sudah dipfikir matang. Dunia politik adalah medan perjuangan dan pengabdian bagi rakyat, jauh dari hingar-bingar dan kelegitan dalam dunia hiburan. "Politik adalah dunia seni, sama seperti dunia kami terdahulu. Saya masuk PKB karena dorongan hati, saya lihat PKB partai yang mengakomodir generasi muda, modern, dan emansipatif. Buktinya, sebagai perempuan saya diberikan kesempatan buat maju," kata Arzeti saat ditemui disebuah forum diskusi. Ia juga menampik jika ia masuk dalam ranah politik, lantaran sepinya tawaran untuk manggung atau berakting dilayar kaca. Selain itu ia juga menerangkan, jika panggung politik adalah medan pengabdian, bukan tempat untuk bersolek apalagi mencari tambahan pendapatan. Karena itulah ia memutuskan terjun dalam medan politik-perjuangan. "Kalo bicara materi, saat ini saya lebih dari cukup. Lebih dari 10 tahun saya bekerja sebagai aktris dan modelling, saya punya bisnis, butik dan usaha lain. Tapi, saya masuk politik mau jadi aspirator buat rakyat," tandas kepada ASATUNEWS.

Politik adalah dunia seni, sama seperti dunia kami terdahulu. Saya masuk PKB karena dorongan hati, saya lihat PKB partai yang mengakomodir generasi muda, modern, dan emansipatif. Buktinya, sebagai perempuan saya diberikan kesempatan buat maju.

28

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013


Sosok Foto: istimewa

dr. Mariya Mubarika

Jaga Keseimbangan

Foto: maryoto

dr. Mariya Mubarika aktivitasnya dokter. Ada yang unik, dari dokter cantik ini. Ia yang kini dokter di Unit Gawat darurat (UGD) RS Mulya Tangerang dengan ringan mengatakan: "I really love my job" kata doker jebolan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) ini saat ditanya profesinya. Lalu ia pun membantah bukan berarti senang kalau ada orang sakit. Walaupun 10 tahun di UGD kadang sesekali membuat bo­ san, tetapi baginya pekerjaan sudah seperti bagian hidup. Ia juga bicara kekerasan terhadap perempuan yang datang ke UGD, akibat trauma benda keras, luka robek, yang di sebabkan pukulan keras di kepala oleh lawan jenisnya. Kebanyakan wanita korban kekerasan hanya menangis, bahkan menutupi, sedikit sekali yang meneruskan ke kepolisian sebagai kasus kriminal, urainya. Saat ditanya tentang tips perempuan yang mandiri? "Harus bisa menjaga keseimbangan baik di keluarganya atau pun di lingkungannya. Kalau suaminya sudah banyak uang sebaiknya tidak perlu lagi bekerja keluar rumah," jelasnya. Karena banyak

hal yang harus diselesaikan di rumah perempuan itu. Kecuali pekerjaannya tidak menganggu keseimbangan di rumah tangga. "Mengejar cita cita itu tidak semudah yang kita ilusikan. Sampai saat ini keberhasilan bagi saya lebih banyak seperti "hadiah". Kemurahan Tuhan kepada hamba-Nya. Tetapi menata dan mempersiapkan hari esok adalah hal penting tidak bisa hanya mengandalkan keajaiban,"tutup dokter kelahiran, Jakarta 29 Maret 1977 kepada ASATUNEWS.

YULI AMELA

Citra Dangdut Menjadi Berkelas

M

EMANDANG penampilan se­ orang Yuli Amela kita sulit mem­ percayai bila ia seorang penyanyi dangdut. Selain berparas cantik, posturnya tinggi dan langsing. Gadis berdarah Minang ini lebih pas jadi model atau peragawati. “Memang banyak yang nggak per­ caya kalau saya ini seorang pedangdut, dan me­reka mengira saya model,” kata Yuli saat di­temui di belakang panggung dangdut, be­berapa waktu lalu. Dandanannya yang rapi, plus makeupnya yang sewajarnya – dalam artian tak terlalu medhok seperti pedangdut kebanyakan – Yuli memang beda dengan penyanyi dangdut kebanyakan. Ternyata, soal penampilan ju­ga bagian dari strateginya mencari ek­ sistensi. “Saya ingin mengubah agar pedangdut itu nggak selalu yang terkesan asal. Kalau bisa pe­nampilan diri juga harus bagus,” ujarnya. Yuli ingin perubahan ima­ ge itu datang dari dirinya sen­diri. Kemudian, dari penampilan diri yang selalu menarik itu sedapat mungkin menjadi cerminan buat yang lain. Dengan cara itu, ia berharap ke depan pedangdut tidak terkesan image masyarakat ba­wah atau terkesan murahan. “Sebagai pedangdut saya pu­ nya tanggungjawab untuk mem­buat komunitas ini ke de­pan­nya lebih ba­ik,” kata mantan personel Duo Bi­dadari yang belakangan me­mi­ ih bersolo karier ini. Tentang ke­ beraniannya bersolo ka­rier, Yuli

mengaku semula ada sedikit ke­ra­guan mam­ pukah ia mampu bersaing de­ngan pedangdut lain. Namun, berkat do­rongan berbagai pihak, termasuk produser ba­runya, Afie Enterprise, ia pun jadi begitu percaya diri (PD). “Karena mendapat suntikan support dari banyak pihak, akhirnya saya begitu pe­ de untuk bersolo karier,” kata Yuli yang baru merilis fist single “Abang Rombeng” ini. Karena tak mau sekadar eksis, Amel pun sudah menyiapkan berbagai ciri khas, salah satunya yakni Goyang Delhi. Ke­betulan sejak kecil, cewek kelahiran Jakarta, 24 Juli 1990 ini sudah menyukai goyang Delhi. “Waktu ibu mengandung saya, su­ dah suka dengan tari dan goyang India. Ja­­di, mungkin ini yang menurun pada sa­ya dan kemudian mendorong saya ikut me­ ngembangkannya di panggung,” kata mo­ del iklan sejumlah produk ini. Sebagai orang Indonesia, Amela ten­tu tidak mau mengadopsi begitu sa­ja. Goyangan itu, lanjutnya, ia rekayasa se­de­ mikian rupa, sehingga menjadi bercita ra­sa Indonesia. Sasarannya suatu ketika dang­dut menjadi lebih berkelas. “Saya menawarkan dangdut cita rasa ba­ru. Dari konsep musik dan penggarapan video klip dibikin sedemikian rupa agar dang­dut bisa naik kelas,” tuturnya. Selama ini jarang musik dangdut di­ke­ mas apik dengan memperhatikan ta­ta busana, videoklip, dan artistiknya. De­ngan konsep ba­ runya itu, ia berharap ada perubahan besar di mu­sik dangdut, sehingga pada suatu ketika dangdut mendunia bukan lagi slogan tapi memang benar-benar suatu kenyataan.

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

29


Dialog

Kesaksian

Yulianis Dari Anas Urbaningrum, Nazaruddin, Ibas, sampai Kinerja KPK

30

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013


Dialog Maret 2013 lalu, putra Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang gemar sekali memakai baju atau kaos lengan panjang, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas, membuat heboh masyarakat Indonesia. Ibas didampingi pengacaranya melaporkan Yulianis ke Kepolisian Daerah Metro Jaya. Karena, Yulianis menurut Ibas telah mencemari nama baiknya.

M

emang, sebelumnya, pada Maret itu ju­ga, Yulianis membuat pernyataan yang dikutip oleh banyak media bahwa Ibas menerima sejumlah uang terkait Kong­res Partai Demokrat 2010 di Bandung. Uangnya di­berikan oleh mantan Bendahara Umum Partai De­ mo­krat. Muhammad Nazaruddin. Menurut Yulianis, sebelum pelaksanaan kong­ res itu, Nazaruddin meminta dia untuk menyediakan uang US$ 200 ribu, yang dibagi ke dalam dua amplop. "Pe­ristiwa itu terjadi tanggal 30 April, sebelum kong­ res. Kongres Partai Demokrat kan bulai Mei. Pak Nazar meminta saya menyiapkan uang US$200 ribu, yang di­ masukkan ke dalam dua amplop, jadi masing-ma­sing US$100 ribu. Saya diminta untuk menyiapkan uang itu dan setelah itu diberikan ke Pak Nazar," kata Yulianis. Ketika diminta menyiapkan uang tersebut, Yulianis sempat menanyakan kepada Nazaruddin, un­tuk apa uang itu. “Ini buat siapa, Pak?” kata Yulianis ke­pada Nazaruddin ketika itu. "Ini buat ibas, " ujar Nazaruddin, seperti di­tiru­ kan Yulianis. Mendengar nama Ibas, Yulianis mengaku ka­ get. “Saya pun mengonfirmasi lagi, apa yang dia mak­sud itu adalah Ibas anak presiden,” tutur Yulianis. "Ya, iyalah, siapa lagi," kata Nazaruddin. Melihat kekagetannya itu, lanjut Yulianis, Naza­ r­uddin terlihat senang. "Pak Nazar senang m­e­lihat saya terkaget-kaget. Karena, saya memang eng­gak gampang kaget. Lihat saya kaget, dia senang. Ta­pi, sa­ ya hanya memberikan ke Pak Nazar. Saya tidak ta­hu, apa uang itu sampai ke Ibas atau tidak," tutur Yulianis. Sebenarnya, bukan hanya nama Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas yang ia catat dalam buku catatan aliran dana PT Permai Group, milik Nazaruddin. Ada banyak nama lain di negeri ini yang tertulis dan ini membuat geger negeri ini. Yulianis sendiri di PT Permai Group menduduki po­sisi sebagai wakil direktur keuangan. Sebagai wakil direktur keuangan di perusahaan yang disinyalir milik Nazaruddin itu, tugasnya antara lain mencatat setiap aliran uang perusahaan. Dengan posisinya, Yulianis pun menjadi saksi penting untuk mengungkap ka­suskasus dugaan korupsi yang melibatkan Na­za­ruddin dan PT Permai Group, termasuk kasus pem­bangunan Pusat Pendidikan Pelatihan Sekolah Olah­raga Hambalang. "Untuk proyek Hambalang, Permai Group tidak pernah mengeluarkan uang buat mengamankan proyek tersebut," ujar Yulianis. Kasus Hambalang pun sudah mulai di­si­dang­kan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta. Jak­­sa Namanama yang disebutkan oleh jaksa pun bermunculan. Ada nama mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, ada nama mantan Men­teri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng, berbagai nama lain.

Foto: Asatunews

Beberapa waktu lalu, ASATUNEWS menemui Yulianis. Dalam beberapa kali pertemuan di berbagai tempat, perempuan pemberani ini bicara blak-bla­ kan soal siapa saja yang menerima dana haram dari Nazaruddin. Ia pun menyebutkan banyak nama, be­ berapa tokoh-tokoh penting di republik ini. Berikut pe­tikan wawancara kami dengan Yulianis. Mengenai kasus proyek Hambalang, jaksa da­lam per­sidangan terdakwa Kepala Biro Perencanaan Ke­­uangan dan Rumah Tangga Kemenpora, Deddy Kusdinar, mengatakan Anas Urbaningrum me­ne­ri­ ma se­jumlah uang. Apa yang Anda ketahui soal ini? Anas ada di catatan saya, tapi itu sebelum dia men­jadi anggota DPR, bukan dalam proyek Ham­ ba­lang. Sudah saya pastikan bukan di Hambalang. K­a­­rena, saya tahu Hambalang itu sekitar September 2010. Saat itu, Pak Nazar ngamuk-ngamuk uangnya minta dikembalikan, yang besarnya Rp 10 miliar. Saya pernah bicara mengenai ini di sidang Wisma Atlet. Pe­ngembalian uangnya lewat Lisa Lukitawati. Soal tuduhan jaksa dalam sidang Deddy Kus­ nidar, enggak ada hubungannya dengan data yang saya punya. Yang pasti, ketika ditanya asal-usul dari Toyota Harrier, saya kesal saya marah ke KPK. Ini ju­ga sudah saya tuangkan ke dalam blog. Saya cuma bisa bilang, Toyota Harrier tidak bisa dimasukkan ke da­ lam Hambalang. Karena, saya bisa menjelaskan asalusul Toyota Harrier itu. Nanti di persidangan akan saya terangkan. Toyota Harrier Anas itu tidak ada hubungannya dengan Hambalang.

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

31


Dialog

Foto: istimewa

Bagaimana sebenarnya asal-usulnya? Saya bisa membuktikan sampai sekecil-kecil­ nya. Saya sudah pernah dilidik oleh KPK mengenai mo­bil Toyota Harrier milik Anas dan saya sudah men­jelaskan dari mana asal-muasal mobil tersebut. Tanggal 12 September 2009, Hasyim, adik Nazar, me­ ngambil uang tunai dan cek untuk membayar mobil itu. Uang tunai dari brankas operasional Rp 150 juta dan cek PT Pasific Metropolitan dengan nomor cek EP 677964 sebesar Rp 520 juta. Saya mendapat perintah dari Neneng SW untuk mengeluarkan itu semua. Cek Pa­sific ditulis sendiri oleh Neneng SW, saya hanya mem­­berikan ke Hasyim. Sedangkan Asal muasal ua­ ng mobil Harrier dari proyek apa dan bagaimana uang ter­sebut ada nanti akan saya terangkan di per­­­ si­da­ngan. Yang bisa saya jelaskan hanya uang yang ada di rekening PT Pasific bukan berasal dari Ham­ba­ lang. Mana mungkin itu uang Hambalang, se­dang­ kan saya sen­diri tahu proyek Hambalang baru se­­kitar akhir 2010 atau awal 2011 saya agak lupa itu. Saat disidik keluarlah nama Deddy Kusdinar. Mobil Toyota Harrier tidak ditanyakan oleh pe­nyi­ dik. Penyidik bilang saat itu, “Toyota Harrier ti­dak bi­sa masuk dalam Hambalang, Bu. Kan Ibu su­dah me­­­nerangkan ke kami kalau itu bukan uang Ham­ba­ lang.” Memang, saya sebagai orang yang tahu soal mo­bil Toyota Harrier belum pernah disidik mengenai Toyota Harrier. Mobil Toyota Harrier baru dalam tahap pe­nyelidikan sehingga, setiap KPK berbicara Toyota

32

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

Harrier berasal dari Hambalang, saya hanya nyengir kuda. Saya sudah sampaikan kepada penyidik KPK yang saya kenal, hati-hati kalau bicara di media, bukti yang ada tidak seperti itu, ini bisa menjadi bumerang untuk KPK. Anda mengatakan itu ke penyidik KPK? Ya. Saya tidak peduli dengan gunjang-ganjing po­litik dan saya malas untuk mengikuti kasus yang se­ dang saya hadapi di media, jadi saya tidak mau am­bil pusing dengan langkah-langkah yang akan di am­bil KPK atas keterangan yang sudah saya berikan dulu. Anda masih diperiksa sebagai saksi di KPK? Iya masih sampai sekarang juga, pada hari Rabu, 13 Februari 2013, saat saya datang ke KPK un­ tuk disidik kasus lain, bukan kasus Hambalang, dua orang penyedik Hambalang meminta waktu untuk bi­cara. Mereka menanyakan sesuatu kepada saya me­­ngenai Toyota Harrier dan beberapa hal lain. Mung­­­kin tidak ada niat penyidik itu menekan saya. Me­­reka hanya ingin mengetahui kebenaran dari uang Ham­balang. Saya merasa mereka tidak percaya apa yang saya bicarakan. Wajar saja sebenarnya, karena mung­kin mereka berpikir saya pro-Anas. Akhirnya, saya berbicara kepada mereka, agar mereka jangan menyeret saya untuk ikut skenario yang sudah mereka gembar-gemborkan, memaksa sesuatu yang tidak sesuai dengan bukti yang saya punya.


Dialog

Saya tidak mau menjadi kendaraan politik si­ apa pun. Pertanggungjawaban saya bukan ke Anda (KPK), bu­­kan ke manusia. Tanggung jawab saya hanya ke­pa­da Allah SWT. Jadi, saya tidak takut mengatakan k­a­lau KPK salah, jangan sampai KPK kalah di pe­ nga­dilan karena kesaksian saya. Karena, saya dapat mem­­buktikan aliran uang yang ada bukan dari Ham­ ba­lang. Aliran uang itu meninggalkan jejak dan saya da­pat membuktikan sampai sekecil-kecilnya. Saya tidak keberatan siapa pun yang salah un­ tuk dijadikan tersangka, apabila memang ada bukti yang kuat dan kesaksian yang mendukung. Tapi, ja­ ngan­lah saya dibawa-bawa ke dalam skenario ja­hat un­tuk menjatuhkan seseorang. Tujuan saya mem­ be­rikan keterangan ke KPK sejujur-jujurnya dan se­ de­­tail-detailnya adalah untuk kepentingan pri­badi sa­ya. Saya menganggap hidup saya dulu ber­ge­lim­ pangan dosa. Apa yang saya lakukan sekarang un­tuk menebus dosa-dosa saya. Semoga Allah SWT me­ ngampuni dosa-dosa saya. Sebagai saksi kunci dalam persidangan per­kara suap Wisma Atlet SEA Games di Pa­lem­ bang, yang me­­­nyeret nama Muhammad Naza­ ruddin, kehadiran Yulianis di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta se­­lalu menarik perhatian banyak orang. Karena, ia se­la­lu mengenakan bu­ sana tertutup, lengkap dengan ca­­­dar. Alasannya, pe­nampilan tersebut merupakan ba­­gian dari perlindungan saksi. Maklumlah, Yulianis yang memiliki kuasa me­­ne­rima dan menyimpan uang dalam tiga bran­kas PT Permai Group mengetahui dengan jelas ke ma­na sa­ja aliran dana yang digunakan. Ia juga yang me­­me­gang kunci tiga brankas tersebut. Dengan de­­mi­­kian, ia dianggap sebagai saksi kunci yang bi­sa mem­bahayakan kedudukan banyak orang dan ka­rena itu ke­hidupan Yulianis pun bisa terancam. Dalam kasus Wisma Atlet, Nazaruddin men­jadi ter­dakwa penerima cek sebesar Rp 4,6 mi­liar dari Mindo Rosalina Manulang (pemasaran PT Anugerah Nusantara, anak perusahaan PT Per­mai Group) dan Mohamad El Idris (pemasaran PT Duta Graha Indah, DGI). Dalam persidangan ka­sus Wisma Atlet, uang itu di­sebut sebagai komisi ka­rena Nazaruddin membantu me­loloskan PT DGI sebagai pelaksana proyek Wisma Atlet senilai Rp 191 miliar, dengan tembusan ke Sek­retaris Menteri Pemuda dan Olahraga, Wafid Muharam. Nazaruddin sendiri telah menjalani per­ si­­dangan untuk kasus ini. Ia dituntut oleh jaksa de­ngan 7 tahun penjara dan denda Rp 300 juta sub­sidair 6 bulan kurungan. Namun, kemudian, ha­kim memvonis 4 tahun 10 bulan, dengan denda Rp 200 juta subsidair 4 bulan kurungan. Nazaruddin mengajukan banding. Namun, pe­­nga­­dilan tinggi memvonis dengan hukuman yang sama. Jaksa kemudian mengajukan kasasi. Mah­ka­mah Agung pun memutuskan, Nazaruddin di­vo­nis sesuai dengan tuntutan awal jaksa: 7 tahun pen­jara, dengan denda Rp 300 juta subsidair 5 bulan.

Bagaimana dengan kasus Ibas? Seperti pernah saya katakan, bukan hanya na­ma Edhie Baskoro Yudhoyono, Ibas, yang ada da­­ lam catatan saya. Ada puluhan bahkan ratusan na­­ma orang penting. Yang pasti, Permai Group tidak pernah me­nge­­luarkan uang buat mengamankan proyek Ham­ba­lang. Catatan keuangan saya yang disimpan da­lam external hardisk pribadi saya sudah disita KPK. Itu bisa ditanya KPK. KPK menjadikan catatan ke­ uang­an Permai Group sebagai salah satu bukti alir­ an dana ke Angelina Sondakh. KPK juga menjerat Na­zaruddin dengan pasal tindak pidana pencucian uang, berdasarkan sejumlah bukti, salah satunya, ke­ terangan dan catatan keuangan saya. Saya akan bersaksi siapapun yang ada di list saya ma­ka akan saya sebut di pengadilan, menjadi sangat aneh apabila ada nama seseorang dalam list saya dan saya tidak menyebutnya. Di pengadilan Wisma Atlet hakim pernah bertanya kepada saya tahun 2010 ada apa tidak, nama Anas di sana? Saya menjawab tidak ada karena nama Anas ada di tahun 2009, dan itu juga saat Anas belum menjabat sebagai pejabat negara atau anggota DPR. Kesan Anda dengan KPK bagaimana? Saya akan cerita tentang pertemuan pertama saya dengan Pak Novel Baswedan, salah satu penyidik KPK yang dikriminalisasi oleh kepolisian. Saya ber­te­ mu dengan Pak Novel pertama kali tanggal 21 April 2010 di Tower Permai, saat penggerebekan jam 8 malam. Saat itu, Pak Novel beserta teman-teman pe­nyidik KPK habis menangkap tangan teman kami, Mindo Rosalina Manulang, bersama Pak Idris di Gedung Kemenpora. Ketika pertama kali bertemu, saya sangat ta­kut kepada Pak Novel. Tapi, beliau sangat tenang, sa­ngat ramah, sangat sopan, sekaligus sangat tegas. Kom­ binasi yang menakutkan bagi saya. Pertemuan kedua saat saya di rumah kontrakan, 13 Juni 2011. Pak Novel beserta tim menemukan saya di rumah kontrakan. Kata-kata yg pertama kali keluar da­ri mulut Pak Novel tidak bisa saya lupakan. “Ibu Yulianis…, ke mana saja? Kami pusing, lo, mencari Ibu ke mana-mana. Ibu membohongi kami waktu di Tower Permai, ya. Kami tidak menangkap Ibu. Kami hanya ingin berbicara meminta informasi kepada Ibu,” kata Pak Novel dengan sangat sopan dan sambil tersenyum. Saya katakan, saya takut. Saya lari dari Pak Nazar dan juga lari dari KPK, karena saya tidak percaya KPK. Menurut Pak Nazar, di dalam KPK ada orang Pak Nazar. Tapi Pak Novel bisa meyakinkan saya bahwa KPK tidak seperti yang saya duga. Setelah bekerja sama dengan Pak Novel dan tim penyidik yang lain, walaupun dipenenuhi saling cu­riga antara saya dan penyidik KPK, akhirnya kami ber­keyakinan untuk berjalan bersama-sama bahumembahu untuk memberantas korupsi. Hampir tiga tahun ini banyak sekali pengalaman berharga yang saya dapat. Akhirnya, dengan jelas dan kepala dingin, sa­ ya dapat melihat apa itu KPK. Pak Novel, Pak Arif, Pak Sigit, dan Pak Taufik adalah penyidik yang per­ ta­ma kali membuka mata saya mengenai KPK. Me­ re­ka memperlihatkan keprofesionalan mereka se­ ba­­gai penyidik, kesantunan, kegigihan, tekad yang bulat dalam memberantas korupsi. Merekalah yang me­nginspirasi saya agar tidak takut dalam bebicara

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

33


Dialog

jujur, berbicara benar, walaupun sangat pahit dan nyawa menjadi taruhannya. Tapi yang namanya intitusi ada yang bagus dan juga ada yang tidak bagus, itu adalah hal yang wajar terjadi, tapi saya tidak terpengaruh dengan semua itu, saya tetap akan bersaksi apa adanya dan bertahan dari gempuran negatif yang ada di sekeliling saya.

Tadi disebut ada penyidik KPK teman Nazaruddin, siapa dia? Saya tidak bisa bicara siapa orangnya. Sesaat se­telah Mindo Rosalina Manulang ditangkap KPK, Nazaruddin berkali-kali menenangkan kami, anak buah­nya. Ia mengatakan dengan penuh keyakinan ka­sus ini tidak akan melebar. "Tenang saja, kita punya ka­wan baik di Kuningan”, katanya. Kuningan yang dimaksud adalah kantor KPK. Soal hijab dan cadar yang Anda kenakan dalam persidangan, ada tudingan itu hanya pakaian kepalsuan? Saya sudah berjilbab sejak lama tahun 1989 kalo nggak salah saat saya lulus SMA. Tapi memang cadar saya pakai saat sidang, tujuannya tidak lain ada­lah menjaga piskologi anak saya dan keluarga. Awalnya saya bertanya kepada KPK bagaimana nasib keluarga saya setelah saya muncul di persidangan. Akhirnya muncullah ide cadar itu.... saya sudah ber­ pindah-pindah selama kurun 3 tahun ini sebanyak 10 kali. Tempat saya saat ini tidak pernah tau latar be­lakang kasus Saya, saya hanya ingin memberikan kehidupan yang normal bagi keluarga saya. Bagaimana Anda bisa bekerja di perusahaan Nazaruddin? Saya melamar, karena saya membaca iklan lowongan kerja di koran, iklan baris. Saya kemudian diterima sebagai staf di bagian keuangan.

Foto: Asatunews

Ketika menjadi staf itu, Anda kemudian tahu jumlah aset Nazaruddin? Tidak. Yang saya tahu kemudian, Pak Nazar punya banyak perusahaan. Kalau sekarang, Anda tahu aset perusahaan Nazaruddin? Asset Nazaruddin KPK sudah ada listnya, ya­ ng baru di sita KPK baru dua yaitu pertama Pabrik di RIAU nilainya 96M tapi sampai dengan saat ini pab­rik ter­sebut masih beroperasi. Nama Perusahaannya Inti Karya Plasma Perkasa (IKPP) setau saya Direk­tur­nya bernama Edi dia bekas karyawan PTP. Edi ini yg me­ ngajukan gugatan ke pengadilan negeri Riau dan me­ ngklaim bahwa IKPP tidak ada hubungannya de­ngan Nazaruddin. Alhamdullilah menurut KPK bisa di­atasi, Saya tau Edi hanyalah suruhan saudara Na­za­ruddin. Yang kedua adalah saham garuda, pem­belian awal memang 300M namun saat ini nilai dari sa­ham ga­ ruda mungkin hanya tinggal 150-170M saja. Jadi yang sudah di sita KPK kurang lebih 250M. Sisa dari As­set Nazaruddin yang saya tau hanya yang ada di list yang sudah sa­ya kasih ke KPK saja, di luar itu saya tidak tau. Memang, dulu, kira-kira aset Nazaruddin berapa? Tahun 2008, keuntungan dari proyek sekitar Rp 400 miliar; tahun 2009, Rp 800miliar; Tahun 2010, hampir Rp 1 triliun. Dari hasil keuntungan itu ada yang digunakan untuk modal operasi dan juga ada yang digunakan untuk pembelian Aset. Assetnya ada yang berupa gedung dan yang lainnya. Perusahaan ada 40an, terdiri dari 20 perusahaan yang milik sen­diri dan 20 perusahann yang hanya di pinjam ben­dera saja. Nazaruddin dan keluarga tak ada da­lam akta-akta perusahaan baru. Alamatnya banyak yang virtual office dan ada juga yang menumpang pada alamat supplier.

34

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013


Dialog

Pernah saya tanya KPK juga, tapi tidak ada jawaban yang pasti. Yang jelas saya tak mau jadi Saksi seumur hidup.

Foto: istimewa

Saat saya masuk pertama kali Sep­tember 2008 ada empat perusahaan yang akte pendiriannya adalah Nazaruddin dan keluarga, yakni PT Anak Negeri, PT Mega Niaga, PT Mahkota Negara, dan PT Anugerah Nusantara. Keempatnya sudah ada sejak tahun 1999, dibawa dari Riau. Domisili se­mua perusahaan itu di Riau. Pada tahun 2006 me­reka pindah ke bekasi. Terus pindah di Apartemen Rasuna, tower 9. Bulan Juli 2008 dari apartemen Ra­suna mereka pindah ke Jalan Abdullah Syafii No 9. Tahun 2008 Nazaruddin juga membeli PT Panahatan, pe­rusahaan perkebunan, yang punya lahan 2500 ha., yang dibeli dari Polin Sitorus seharga Rp 22 miliar berdomisili di Duri-Riau. Perusahaan-perusahaan itu pernah ikut tender di mana saja? Kementerian Kesehatan, Kementerian Pen­di­di­ kan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Agama, Kementerian Pemuda dan Olahraga. Bahkan, pernah ikut tender kapal selam. Juga proyek di Universitas Air­langga dan flu burung. Pokoknya, saya tidak mau me­nyembunyikan data. Berapa rata-rata nilai proyeknya? Rp 5 miliar sampai Rp 700 miliar. Selalu ada praktek kongkalikong dan suap? Saya sudah bekerja di beberapa perusahaan kontraktor, praktek-praktek yang dilakukan oleh Na­ za­ruddin merupakan praktek yang sudah menjadi ra­­hasia umum bagi dunia kontraktor. Semua tender yang dilakukan oleh pemerintah selalu ada praktek kong­kalikong dan suap. Dari yang kecil sampai de­ ngan yang besar sama saja.

Apakah KPK sudah menelusuri apa yang Anda informasikan itu? Saat ini, KPK sedang mengusut tindak pidana pencucian uang yang diduga dilakukan Nazaruddin. M­enurut saya, ya, agak lambat. Coba bandingkan de­ ngan dugaan tindak pidana pencucian uang dalam ka­sus Djoko Susilo dan Luthfi Hasan Ishaaq. Aset-aset Djo­ko dan Luthfi kan disita, sedangkan Nazar tidak ba­ru dua yang di sita. Saya pribadi sudah protes keras ma­ salah ini ke KPK, tapi saya tidak membenci Nazar. Hanya menuntut KPK bertindak fair dan tidak tebang pilih. Status Anda saat ini sebagai saksi sudah berjalan berapa lama? Ya. Sejak dipanggil KPK tahun 2011 sampai kini. Kira-kira berapa lama lagi? Saya tidak tahu, saya sih inginnya cepat selesai mudah-mudahan tahun ini. Pernah saya tanya KPK juga, tapi tidak ada jawaban yang pasti. Yang jelas saya tak mau jadi saksi seumur hidup. Ada yang bilang, Anda bersaudara dengan Anas? Kan sudah saya bilang, saya bekerja di pe­ru­sa­ haan Nazar karena melamar. Mana bisa saya sau­da­ra Anas? Belakangan justru saya tahu ternyata sau­da­ ra saya anggota Partai Demokrat, tapi bukan Anas. Wak­tu kecil, kakak saya suka bermain bersama dia. Ke­dudukannya lumayan penting. Saya bukan saudara Anas, dan juga bukan kar­ yawan Anas, saat Nazar bilang Saya tangan kanan Anas, Saya kecewa sekali sama Nazar karena dia tahu Sa­ya ini karyawan Nazar bukan karyawan Anas.

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

35


BOLA

Pada tahun 2011 Ia Juara 1 U-8 FAA Soccer Tournament di Singapura juga menjadi Best Player di tournamen tersebut. Ia juga pernah meraih Juara 2 U-10 Koha Hut Nascup Jakarta, Juara U-8 SSI Arsenal Cup Jakarta, Juara 2 U-9 Mangindahan Cup Jakarta, Juara 2 McDonald Junior Futsal Championship 2012, Best Player Nominator McDonald Junior Futsal Championship, Juara 1 Juggling Competition McDonald Junior Futsal Championship, Best Player Coaching Clinic with Radja Nainggolan juga masih banyak lagi prestasi anak kelas 4 SD ini. Dan saat ini ia masih bermain di Liga Sepakbola U-10 Jakarta dan tergabung dalam Klub Bintang Garuda.

The Wonderboy Pergi ke Ajax

Tristan Alif Naufal

Foto: thefootballicious

36

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013


BOLA

A

ksinya ini makin menggemparkan saat video latihan dan pertandingannya muncul di Youtube, Ia sekarang pun digelari The Wonderboy from Indonesia. Ia langsung mencuri perhatian publik sepak bola Nasional dan digadang sebagai proyek masa depan Pemain Indonesia. Bocah delapan tahun itu meninggalkan Indonesia malam 31 Oktober 2013 lalu menuju bandara Internasional Schiphol Amsterdam. Ia ditemani kedua orang tuanya Ivan Trianto dan Irma Lansano, seorang Managing Director The Footballicious, Andhika Suksmana, dan mantan Fisioterapis tim nasional Indonesia, Matias Ibo. Rombongan tersebut datang untuk menemani sang bocah guna memenuhi undangan berlatih di klub raksasa Ajax Amsterdam. Ia akan menjalani trial bersama tim Ajax U-12, terhitung dari tanggal 1 hingga 8 November 2013 kemarin. Kurang lebih 17 jam jarak tempuh ke Belanda, tetapi itu tidak menyurutkan semangatnya untuk ingin segera menjajal rumput legendaris Toekomst di Akademi Sepakbola Ajax. Terbukti sesaat setelah mendarat, ia langsung menyambar bola yang sebelumnya dipompa oleh sang ayah. Ia asik juggling dan bermain menendangnendang roda troli yang mengangkut bawaannya, seakan tidak merasakan keletihan sedikitpun.

Foto: thefootballicious

Wesley Sneijder, Arjen Robben, Klaas jan Huntelaar, duo kembar Franck dan Ronald De Boer, Marco Van basten, Johann Cruyff juga Dennis Bergkamp pernah digembleng di akademi ini. Akedemi sepakbola terbaik di dunia ini memang sangat sering melahirkan bintang berbakat di ranah eropa. Walaupun posisinya sekarang sedikit tergeser oleh La Masia Akademi Sepakbola kepunyaan Barcelona FC, tetapi Akademi Ajax menjadi pilihan teratas sebagai tempat menumbuhkan bibit-bibit sepakbola muda. Adalah Tristan Alif Naufal bocah mengagumkan itu. Lahir di Jakarta 12 Desember 2004, Ia pernah ditawari berlatih di La Masia oleh Pep Guardiola langsung ketika Pep berkunjung ke Indonesia. Bocah yang mulai mengenal bola saat berumur 6 tahun ini pernah tergabung di SSI Arsenal dan Liverpool Akademi Indonesia. Steven Gerrard, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo menjadi idolanya. Andhika Suksmana mengatakan, "Mereka tertarik setelah melihat video kompilasi Alif bermain dan berlatih. Ada beberapa klub manca negara yang tertarik mengundang Alif, namun hanya Ajax yang paling serius sampai menghubungi keluarga Alif." Matias Ibo yang turut berada dalam rombongan bertugas untuk membantu Alif dan keluarga berkomunikasi dengan pihak Ajax. Pasalnya Matias, pernah menimba ilmu di Belanda dan memiliki kapabilitas tentang ilmu sports science secara mendalam. Yang tentunya

juga dapat membantu untuk dapat terus menjaga kondisi fisik Alif selama menjalani masa trial-nya disana. Selama menjalani masa trial di Ajax Amsterdam, Alif telah bertemu dengan beberapa orang penting dan juga legenda klub raksasa Belanda tersebut. Ia bertemu dengan kiper legenda Ajax, Timnas Oranje serta Manchester United, Edwin van der Sar. “Aku bertemu legenda sepakbola Belanda, Edwin van der Sar di tempat latihan Ajax Amsterdam, Toekomst. Aku diberikan semangat dan nasehat untuk terus latihan dan rajin juga belajar di sekolah,� ujar Alif seperti dikutip situs resminya, tristanalif.com. Sebelumnya pun Alif berkesempatan menonton di Stadion ArenA Amsterdam 2 November kemarin, ketika Ajax menjamu Vitesse Arnhem dan mengalami kekalahan 0-1. Ia juga bertemu Ezra Walian, remaja Indonesia yang saat itu juga sedang menjalani pelatihan di Ajax. Erza adalah Pemain yang sekarang tergabung dalam Tim Ajax A1 dan kedatangannya saat itu adalah sesaat setelah ia merangkumkan sebuah pertandingan melawan FC Twente A1 dengan skor 3-0. Ia menyumbang satu gol dan satu assist dalam pertandingan tersebut. Alif adalah aset Timnas yang harus terus diberi dukungan dari segala pihak, Pemerintah pada khususnya. Sehingga ia bisa menjadi celah pembuka jalan agar bintang-bintang muda Indonesia mengikutinya. MHD

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

37


BOLA Satu per satu tim Liga Champions 2013 masuki babak 16 besar. Prediksi tim dari klub mana yang bakal nangkring sebagai juara musim ini pun mulai bermunculan. Siapa saja yang layak jadi pimpinan di Liga Champions tahun ini?

Ini Dia Para Kandidat Juara Liga Champions 2013-2014

S

ebagian pengamat menjagokan Arsenal. Setelah redupnya bintang Manchester United (MU) di bawah pelatih baru, kini Arsenallah yang bakal cemerlang di Liga Champions. Arsenal yang pekan ini berhasil menggilas Dortmund dengan skor 1-0 dianggap para komentator di Inggris sebagai kemajuan yang luar biasa dari tim asuhan Arsene Wenger ini. Keberhasilan ini mengisyaratkan bahwa peluang Arsenal untuk meraih trofi Champions menjadi bertambah. Sebab, Dortmund merupakan lawan tangguh Bayern Munchen, sang juara Liga Champions yang lalu. Manajer Borussia Dortmund Jurgen Klopp yakin Arsenal dapat memenangkan Liga Champions bila terhindar dari juara bertahan Bayern Muenchen.

38

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

Gelandang Arsenal Aaron Ramsey mencetak gol satu-satunya dalam laga melawan Dortmund yang berakhir 1-0 Rabu malam (06/11), yang membuat Arsenal bertahan di tempat teratas Grup F dengan dua pertandingan tersisa. Tuan rumah Dortmund turun setelah kemenangan delapan kali di ajang Liga Champions dan belum pernah kalah dari tim Inggris mana pun. "Mereka bisa menang, sepanjang mereka tidak menghadapi Bayern Muenchen," kata Klopp. "Mereka adalah pemain-pemain muda, sehat dengan teknik bagus," tambahnya. Gol Ramsey merupakan yang ke-11 untuk Arsenal dalam 17 pertandingan pada musim ini. Penampilan Ramsey merupakan salah satu


BOLA

faktor di balik penampilan cemerlang di awal musim pertandingan ini. Dortmund harus menang agar lolos 16 besar Arsenal berada di tempat teratas klasemen sementara Liga Primer setelah 10 pertandingan, lima poin di atas Chelsea. Dortmund yang merupakan finalis Liga Champions musim lalu perlu menang dalam dua pertandingan terakhir untuk lolos ke babak 16 besar. Dortmund berada di tempat ketiga Grup F di bawah Arsenal dan Napoli. Sementara juara bertahan Bayern Muenchen dipastikan lolos ke 16 besar setelah mengalahkan Viktoria Plzen Selasa lalu. "Grup ini sangat kuat dan hal yang positift adalah kami telah mencatat dua kemenangan dan kami akan lolos," kata Klopp. Sejauh ini Arsenal belum pernah merebut gelar juara di ajang Eropa. Klub yang kini di puncak Liga Primer Inggris ini dikalahkan Barcelona pada tahun 2006. Selain Arsenal, Manchester City juga klub yang gemilang adalah Manchester City yang berhasil menyingkirkan CSKA Moskow. Kemenangan di Grup D ini akan mengantarkan City, salah satu klub terkaya di dunia, untuk pertama kalinya maju ke babak 16 besar.

Maju ke babak 16 besar ini, yang menggunakan sistem gugur, akan menjadi prestasi besar, kata manajer Manuel Pellegrini. "Bagi City ini tentu pencapaian penting. Kita semua paham apa yang terjadi selama dua tahun terakhir: City gagal mencapai 16 besar," kata Pellegrini. "Bagi klub yang ingin menjadi klub papan atas dunia, maju ke babak berikutnya tentu sangat penting," tambahnya. Ia mengatakan dari sisi pemain, City memiliki skuat yang sangat bagus yang menurutnya layak untuk maju ke babak 16 besar. Tentang peluang maju ke babak delapan besar, itu adalah persoalan lain. Di luar Inggris, bos Napoli, Rafael Benitez lebih menaruh perhatian pada kemampuan duo La Liga, Real Madrid dan Barcelona sebagai kandidat pemenang Liga Champions musim ini. "Saya rasa kedua tim itu tak menunjukkan kemampuan terbaiknya saat bermain di El Clasico, namun mereka memiliki kualitas. Ini hanya masalah waktu sebelum tim bisa menyesuaikan diri dengan pelatih baru," ujar Benitez seperti dikutip media Spanyol. Meski demikian, “saya sama sekali tidak memiliki keraguan bahwa dua tim itu adalah kandidat kuat yang akan masuk ke final Liga

Champions musim ini," pungkasnya. Baik Real Madrid maupun Barcelona sama-sama belum terkalahkan hingga matchday ketiga Liga Champions musim ini berjalan. Minggu depan, Madrid bakal bertandang ke Turin untuk menghadapi Juve, sedangkan Barca bakal menjamu Milan. Sementara itu tim lain yang digdaya, Atletico Madrid juga berpeluang besar menjadi pemenang di Champions tahun ini. Empat kali bermain, tim berjuluk Los Rojiblancos tersebut selalu keluar lapangan dengan kepala tegak. Terbaru, Atletico sukses menumbangkan Austria Vienna dengan skor 4-0 (3-0) di Vicente Calderon, Madrid, Kamis (7/11) WIB. Empat gol Atletico masing-masing disumbangkan Joao Miranda di menit kesebelas, Raul Garcia (25), Filipe Luis (45) dan Diego Costa delapan menit sebelum pertandingan berakhir. Atletico pun melenggang mulus ke babak knock out. Serentetan hasil impresif itu membuat Atletico disebut-sebut bakal menjadi kandidat kuat perengkuh gelar juara Liga Champions musim ini. Namun, pelatih Atletico, Diego Simeone ogah menanggapi prediksi itu. "Kami tahu dengan tingkat kesulitan di kompetisi ini. Kami juga paham dengan kekuatan yang kami miliki. Kami hanya ingin bermain dengan gairah yang sama di Liga Champions dan La Liga," terang Simeone sebagaimana dilansir laman FIFA, Kamis (7/11). Menurut Simeone, peluang juara belum layak untuk dibicarakan. Apalagi, Atletico belum menemui lawan tangguh di Liga Champions musim ini. Satu hal yang menjadi ancaman bagi semua kandidat yakni sang juara bertahan Liga Champion musim lalu, Bayern Munchen. Siapa pun yang berhasil melumpuhkan Munchen diprediksi akan mudah meraih trofi Champions tahun ini. Namun, sebagian pengamat yang ragu jagoan dari Inggris maupun Spanyol mampu membendung Bayern. Viktoria Plzen saja yang beberapa waktu lalu melawan Bayern diganjar 5-0. Sepasang gol dari Franck Ribery, David Alaba, Bastian Schweinsteiger dan Gotze sendiri memantapkan posisi mereka di puncak Grup D dengan rekor 100 persen kemenangan. “Ada banyak hal hebat di Bayern. Dalam laga tersebut, kami punya banyak sekali kesempatan, mendapatkan banyak tendangan sudut, dan Anda akan terkesan dengan statistik kami,� ujar Gotze, gelandang Bayern, seusai laga. Tak jauh beda dengan Liga Champions musim lalu, agaknya laga tahun ini sulit diprediksi siapa pemenangnya. Terlebih, belum semua grup menghasilkan juara. Ada baiknya kita tunggu perkembangan berikut sampai diketahui semua juara grup. May

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

39


SENI

Lelang Benda Seni

Karya Picasso, Monet & Patung Giacometti Paling Mahal Benda seni karya para maestro impresionis dan moderen senilai US$290 juta (Rp3,3 triliun) terjual dalam lelang di New York dengan karya Picasso, Monet serta patung Giacometti menjadi yang paling mahal.

Foto: istimewa

Lukisan Karya Pablo Picasso: Menggambarkan kekasihnya, Marie-Therese Walter.

L

elang bulan November selalu diminati koleksor seni berkantong tebal dunia, dan kali ini memecahkan rekor pembeli dari Asia dan Amerika Latin menunjukkan tingginya lonjakan minat terhadap benda seni di seluruh dunia. Peraih harga tertinggi adalah karya patung artis Swiss, Alberto Giacometti untuk sebuah patung tembaga yang menggunakan model adiknya, Diego, terjual dengan nilai US$50 juta memecahkan harga taksiran tertinggi sebelum lelang dimulai. Sementara karya lukis maestro Italia, Pablo Picasso yang menggambarkan bagian kepala sumber

40

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

ilham sekaligus kekasihnya, Marie-Therese Walter, terjual US$39,9 juta, jauh di atas taksiran sebelum lelang yang memperkirakan harga antara US$20-US$30 juta. Karya Picasso yang lain, berjudul Mousquetaire a la pipe, juga mencetak rekor harga lelang baru untuk karya seorang pelukis yang sudah tiada senilai US$31 juta, padahal mulanya ditawarkan hanya senilai US$12-18 juta. Rekor harga lain menurut kantor berita AFP dicetak oleh artis instalasi Italia Giacomo Balla, dengan Automobile in corsa yang terjual senilai US$11,5 juta meski di bawah estimasi awal US$12-18 juta. Sementara lukisan karya maestro favorit lainnya, Claude Monet, berjudul Glacons, effet blanc terjual seharga US$14.25 juta. Hasil penjualan ini mengalahkan angka penjualan pada Mei 2012 saat karya pelukis Edvard Munch, The Scream, terjual dengan harga sangat mengagetkan: US$119,9 juta, menjadikannya karya seni paling mahal di dunia. Dari 64 lot karya seni ini, menurut Sotheby's sebagian besar belum pernah ditawarkan di pasar lelang sehingga membuat kolektor berbondong-bondong mengajukan minat. David Norman, yang turut mengepalai divisi seni impresionis dan seni modern di Sotheby's mengakui besarnya dorongan dari para pembeli seni Asia dalam lelang ini. "Kita melihat ledakan pertumbuhan. Ini adalah kelompok yang sangat canggih. Mereka memasuki pasar pada lapisan tertingginya ... Sangat mengagumkan," katanya. Sebaliknya di rumah lelang Christie's, pesaing berat Sotheby's, penjualan benda seni impresionis dan moderen justru lebih rendah dari taksiran. Benda seni ditaksir bernilai $188,8 hingga $277,7 hanya terjual senilai $144,3 juta.

Patung tembaga karya Alberto Giacometti.

Foto: istimewa


SENI

Foto-fotO: AENDRA MEDITA / ASatunews

Pasar Seni Jakarta

Mencari SENI Kemungkinan di Senayan

I

katan Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) Jakarta menggelar hajatan Pasar Seni Jakarta 2013, berlangsung 3-5 Nopember lalu, hajatan pertama ini nampaknya kurang greget. Mimpinya adalah membuat Kampoeng seni dengan kemasan Pasar Seni ITB Ganesa namun dipindah ke Jakarta, hasilnya masih belum sama. Memang sebuah perjuangan. Namun patut di catat inilah perhelatan akbar pertama kali di Jakarta. Jika membandingkan event seni, memang secara kolosal untuk pengunjung maka acara ini masih kalah sama Festival Kemang. Namun di Pasar Seni Jakarta ini ada yang lebih sekadar event biasa. Khalayak umum diajak secara kuat mengapresiasi seni dan budaya estetik. Pameran karya seni mulai, lukisan, patung, keramik, dll kini diajak datang ke public luas

yaitu di Parkir Timur Senayan, Gelora Bung Karno. Sayangnya event yang diharap kolosal akan hadirnya publik ini dibandrol tiket masuk harus mengeluarkan kocek Rp15.000, menjadikan seni berjarak. Secara konsep acara ini sangat dahsyat sekolah seni, komunitas dan lain di kumpulkan, kuliner sehingga tak heran jika jadikan tema “PercakapanMenyilang” adalah tema yang masuk juga sebagai sebuah pameran yang dikuratori oleh Ucok alias Aminudin TH Siregar. Dalam sarana tersendiri di Pasar Seni ada pameran tersendiri yang menampilkan 27 seniman. Pengunjung khusus yang ini diajak “serius”. Ada Krisna Murti, Titarubi dan FX Widiyanto, Irwan Ahmett Adhya Ranadireksa, Sari Julia, AD Pirous, Ahdiyat Nur Hartarta, Biranul Anas, Eko Nugroho, Yani Mariani, Heyi Makmun, Tisna Sanjaya, Isa Perkasa, William Christiawan, Eldwin

Pradipta, Heri Dono, Agus Pandega, Andy Dwi Tjahjono dan Wayan Suklu, Astari Rasjid, Irwan Bagja Darmawan, dll. Memasuki Pasar Seni Jakarta kita memang diajak bereksplor dengan melihat karya luas. Luas interpretasi. Parkir Timur Senayan, bertebaran berbagai karya seni. Instalasi Perahu Samudera Raksasa yang dibuat oleh Pandji “Miink” Sisdianto sangat menarik dan ini yang memberikan kekeuatan Pasar Seni Jakarta 2013. Bahkan saat di respon oleh Teater Payung Hitam (KPH) perahu ini makin beraura. Dan menjadikan Pasar Seni Jakarta Hidup. Dan Pasar Seni Jakarta ini paling tidak sebagai sebuah awal kita harus puas. Meski belum banyak yang tahu atas event yang besar ini. Semoga saja anggapan bahwa info ini hanya tahu karena sekonyong-konyong saja, begitu juga kata Ray Bachtiar yang berseloroh, acara ini kurang greget dan kurang publisitasnya. Dan juga pandangan Arief Yudi yang mengatakan bahwa sangat beda yang memindahkan Pasar Seni ITB ke Jakarta ini. Akhirnya kita berharap Pasar Seni Jakarta yang akan datang lebih menjadi agenda yang serius dan menjadi parameter seni dunia atau paling tidak sebagai sebuah ciri besar yang mimpinya seperti Tong Tong Festival atau Tong Tong Fair di Den Haag Belanda. Dan harus lebih kuat di publi relationsnya. Semoga Pasar seni kelak lebih sumeringah dari tahun ini. Aendra Medita

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

41


IPTEK SENI

Foto: istimewa

Mobil Tanpa Pengemudi

“Driverless�

Mobil tanpa pengemudi (driverless) akan hadir di jalan-jalan di Milton Keynes Inggris Raya pada Tahun 2015. Vince Cable, sekretaris Bisnis Perusahaan pembuat Driverless Robot Pod cars, mengumumkan sebanyak 20 kendaraan akan melakukan perjalanan pada jalur khusus terpisah dari pejalan kaki di sekitar pusat perbelanjaan kota Buckingham shire Inggris.

42

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013


Internasional

Iklan Layanan Masyarakat ini dipersembahkan oleh ASATUNEWS.COM untuk Indonesia perangi NARKOBA!!! Š2013 ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

43


IPTEK

D

an Pada pertengahan 2017 direncanakan 100 mobil sepenuhnya akan beroperasi, berbagi jalur dengan pejalan kaki dan dilengkapi dengan sensor untuk menghindari tabrakan . Mobil tanpa pengemudi (Driverless Pod Cars) berkapasitas dua orang dan dapat melakukan perjalanan pada kecepatan maksimum 12mph. Pod Cars ini juga dilengkapi dengan layar yang memungkinkan penumpang untuk memeriksa email dan browsing internet ketika sedang berada di dalam mobil tersebut. Menurut Cable kepada Guardian "Pada tahun 2050, semua kendaraan mobil akan menggunakan teknologi ini, yang tidak menggunakan lagi bahan bakar dan mesin konvensional, sehingga hal ini sangat penting untuk industri mobil Inggris, yang kedepannya akan menjadi ujung tombak teknologi mobil rendah karbon.� "Mobil driverless adalah penemuan lain yang memiliki potensi luar biasa untuk Inggris menjadi terkenal, serta bermanfaat mengurangi kemacetan dan polusi dan meningkatkan keselamatan di jalan." Vince Cable akan meluncurkan proyek £ 1.5m pada kunjungan ke Northampton pada hari Kamis lalu, di mana ia juga mengumumkan dana £ 75m untuk memproduksi dan menguji mesin rendah karbon, Sementara spesifikasi yang tepat dari mobil driverless yang belum diselesaikan, gambar prototipe kendaraan memiliki tiga roda dan melalui tutup yang membalik untuk penumpang untuk masuk atau keluar. Setiap perjalanan hanya membutuhkan biaya £ 2, meskipun itu akan dilakukan studi lebih lanjut tahun depan. Direncanakan mobil driverless akan mengangkut penumpang dari kota stasiun

Pada tahun 2050, semua kendaraan mobil akan menggunakan teknologi ini, yang tidak menggunakan lagi bahan bakar dan mesin konvensional, sehingga hal ini sangat penting untuk industri mobil Inggris, yang kedepannya akan menjadi ujung tombak teknologi mobil rendah karbon.

kereta ke pusat perbelanjaan yang hanya lebih dari satu mil jauhnya . Seperti dilansir Guardian, seseorang yang disebut dekat dengan pembuat mobil ini mengatakan model mobil itu belum diputuskan, tapi itu salah satu pilihan yang sedang dipertimbangkan adalah EN - V oleh General Motors, dijuluki "gelembung mobil ", yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010 . Foto: istimewa

Foto: istimewa

Vince Cable

Pembuat mobil yang paling besar termasuk Nissan, Toyota dan Volvo - telah mengembangkan teknologi self-driving dan memasukkan ke dalam model di jalan-jalan Inggris . Di California, Google telah mengklaim bahwa mobil driverless yang telah melakukan perjalanan 400.000 mil tanpa kecelakaan. Menurut Profesor Martin Spring of Lancaster University, bagaimana mereka akan masuk ke sistem jalan yang ada. "Ini adalah sebuah percobaan penting, tapi kita bisa mencoba untuk membuatnya masuk ke dalam sebuah sistem yang dirancang untuk manusia," katanya, menggambarkan klaim asuransi sebagai salah satu daerah ketidakpastian untuk mobil self-driving. Geoff Snelson, direktur strategi di Milton Keynes , mengatakan ada beberapa keraguan tentang rencana - "Astaga, itu tidak akan pernah aman, namun mendapat sambutan yang baik dari mayarakat inggris� "Kami sudah pertanyaan tentang bagaimana ia akan bekerja dalam praktek tapi respon awal adalah orang yang sangat, sangat gembira. Kami berharap orang akan antri untuk menggunakan mobil dan akan melihatnya sebagai tempat tujuan untuk datang mengunjungi Milton Keynes. " Mobil driverless Robot pod cars ini digagas oleh kolaborasi antara Perusahaan Sistem Transportasi Catapult, Otomotif Council Inggris, Cambridge dan Universitas Oxford. BEN

44

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013


Iptek

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

45


GALERI

Foto: Lusdiana CM/ASatunews

46

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013


GALERI

Foto: AENDRA MEDITA / ASatunews

Pasar Seni yang Terlupakan

I

nilah Foto-foto Hajatan Pasar Seni Jakarta 2013, hajatan pertama ini nampaknya kurang sukses. Namun meski begitu event ini memang sangat unik dan menarik, karena saat penat dan sesak Jakarta ada event yang besar yang bisa memberikan hal yang menyenangkan bahkan memberikan warna lain dari ruang kemungkinan seni di bilangan Senayan. Komplek Gelora Bung Karno Senayan memang saat bersamaan ada pameran komputer dan teknologi ada juga ujian masuk pegawai negeri sipil. Tapi Pasar seni ya tetap Pasar Seni. Berlangsung sumeringah karena seniman dan berbagai komunitas seni berbaur dengan penikmat masing-masing. Aura Pasar Seni memang tak nampak namun esenisal seni yang ada dalam acara ini sangat terlihat. Berbagai gerai karya seni dan merchandise bisa dikunjungi, ada banyak acara mulai teater sampai seni lempar pisau. Ada komunitas besar ada kampus ada juga sejumlah personal yang hadir disana. Selain karya Masif dan juga ada perahu bambu di Senayan, Egrang dan juga performance art Tisna sanjaya yang akrab dengan publik, merespon karyanya secara interaksi. aENDRA MEDITA

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013

47


48

ASAtunews | edisi 4/th. I/November 2013


ASATUNEWS #4  

wawancara eksklusif: KESAKSIAN YULIANIS, Dari Anas Urbaningrum, Nazaruddin, Ibas, sampai Kinerja KPK

Advertisement
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you