Issuu on Google+

Anas Dibidik, KPK Geledah Athiyyah Laila?

edisi 5/th. I | November 2013

n a l o k g m i n k o a k H Persdeagar & Sau

Marzuki Alie dalam Pusaran Uang Setan ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

1


DAFTAR ISI MEGAPOLITAN Pujian Ibu Ani untuk Mega Jalan Damai dengan SBY

hal. 14

Asal Comot Caleg Kuota Tak Tercapai

hal. 8

hal. 4

NASIONAL

Ibu Negara Ani Yudhoyono memberikan ceramah kepada 1700 anggota Dharma Wanita Persatuan tentang politik.

Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) menjadikan juara Caleg Perempuan diraih Partai Persatuan Pembangunan atau PPP berada pada peringkat pertama sebagai partai politik yang menempatkan caleg perempuan.

SOROT Effendi Simbolon & Si Cantik Merish Yang Tergusur SKK Migas Artha Merish Simbolon Direktur PT Surya Parna Niaga telah dicegah dan dijadikan saksi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus suap Rudi Rubiandini.

Hukum

MK Rusuh Robohnya Kontitusi Kita Entah apa yang lucu, hakim konstitusi Patrialis Akbar tertawa ketika diminta tanggapannya soal diobrak-abriknya ruang pengadilan Mahkamah Konstitusi pada Kamis sore (14/11).

hal. 24

Ekonomi

Minus Malum Pengganti Karen? Ada empat nama calon Dirut Pertamina yang beredar. Ada yang mengatakan, semuanya tidak ada yang memenuhi kriteria.

hal. 26

Bola

Ballon d’Or Dipandang Sebelah Mata

hal. 42

Julia Putri Noor menjadi calon legislatif untuk DPR pada Pemilu 2014. Dia menjadi calon Partai Hanura dari Daerah Pemilihan DIY nomor urut 3.

2

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

Dialog Ciptakan Komposisi Musik lewat Penyakit Ginjal Musisi muda Indonesia ini kini tinggal di Australia, namun kerinduannya akan bikin konser dan reuni di tanak air sangat diimpikan, bahkan musisi yang pernah malang melintang bersama Krakatu ini sangat ingin melakukan reuni dengan musisi tanah air.

hal. 60

Julia Putri Noor Bangun Leadership anak muda

hal. 46

hal. 44

Sosok

Sejak diambil alih FIFA, penghargaan bergengsi untuk pemain sepakbola Ballon d’Or tahun senantiasa menuai kontroversi dan panen kritik. Akankah wibawa dan gengsi penghargaan ini bisa terangkat kembali?

Iptek Komet Pertama Jatuh ke Bumi 28 Juta Tahun Lalu Para peneliti Afrika Selatan mengatakan bukti menunjukkan komet menghantam bumi sekitar 28 - juta tahun lalu, di sebuah padang pasir di Mesir Barat.


EDITORIAL

Perempuan

P

erempuan adalah salah satu dari dua jenis kelamin manusia, perempuan adalah lawan dari lelaki. Istilah "perempuan" dapat merujuk kepada orang dewasa maupun anak-anak. Ada anggapan Perempuan memiliki daya yang besar untuk bisa mencegah terjadinya praktik korupsi. Namun kenapa saat ini kita melihat mulai muncul banyak perempuan yang masuk lubang hitam korupsi ini. Kekuaasan telah membelenggu maka korupsi membabi buta. Hilangnya nilai luhur menjadikan perempuan kini sedang dipertaruhkan karena banyak perempuan, bisa dicatat ada anggota dpr, pengusaha, istri jenderal. Tengok saja di KPK. Ada pengusaha, ada anggota DPR, ada istri jeneral, ada juga deputi gubernur BI, semua perempuan. Jika korupsi maka prasangka negatif akan disematkan pada perempuan. Tentu tidak mudah jika harus mencari ketidakadilan ditegakkan kalau perempuan sudah terjebak korupsi, tentang rasa kehilangan, juga tentang turunnya harga diri. Dengan mencari kekuatan perempuan adalah mahkluk yang paling kuat bahkan dengan perempuan akan menjadi sebagai hal yang mengagumkan,

bahkan sublim itu memang benar. Hampir semua cerita dalam dunia akan melibatkan perempuan, DPR misalnya telah memperjuangkan agar kuaota perempuan harus 30%,. Lantas peristiwa bersejarah di Indonesia juga banyak melahirkan tokoh perempuan. Jika kini banyak keterlibatan perempuan dalam kasus korupsi baik langsung atau pendukung (supporting) sangatlah memprihatinkan. Maka patgulipat kasus yang melibatkan perempuan sangatlah besar. Antasai Azhar melibatkan Rani Juliani, caddy golf yang jadi pertaruhan. Kasus Simulator SIM Irjen (Pol) Djoko Susilo menyibak peranan istri-istrinya (Suratmi, Mahdiana, Dipta Anindita, Eva Handayani) dalam hal ini mereka dilibatkan menyamarkan asetaset hasil penyelewengan jabatannya itu. Fathanah dan puluhan perempuan, selain model Vitalia Shesya, penyanyi dangdut Tri Kurnia Rahayu, Ayu Azhari, dan masih ada 40 perempuan lain yang menikmati dana dari Fathanah. Kenapa perempuan dijadikan alat pelengkap, harusnya perempuan tidak dijadikan korban, apalagi untuk mereka yang berbuat jahat alias maling Redaksi

PENERBIT PT ASATU Perdana Bangsa I PIMPINAN REDAKSI Aendra Medita | REDAKTUR PELAKSANA Purwadi Djunaedi | REDAKTUR Benny Koesbandoro, Muhammad Jusuf, Maryoto | TIM REDAKSI Mohammad Hidayat, Ajoy, Tatang Yusup, Rahmat Edy, Danang, Bahaudin | FOTOGRAFER Lusdiana CM | RANCANG GRAFIS Elly | DOKUMENTASI & RISET Budiman, Jenny | SEKRETARI REDAKSI Septy Hedy Muliastuti | TI, WEB & DATA Dadi Gunadi I Komisaris Edi Syahputra | PEMIMPIN UMUM Raden Nuh | Direktur Utama Koes Hardjono | Direktur Ahmad Irwandi Lubis | KEUANGAN & HRD Santika Boerhan | Staff HRD (General) Muhammad Yasin | PENASEHAT HUKUM Irwandi Lubis SH, Edi Syahputra SH | PENDUKUNG TEKNIS Sahri, Fahmi Andriansyah | Alamat Sekretariat/Redaksi/Pemasaran/Iklan Menara MTH Lt. 11, Jl. MT Haryono Kav 23 Jakarta Selatan 12820 | Telp: 021 - 837 84 329 | Fax: 021 - 837 84 383 | Email: redaksi@asatunews.com | iklan@asatunews. com | http://www.asatunews.com/

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

3


Senayan

Manakar Perempuan di Senayan

Asal Comot Caleg Kuota Tak Tercapai Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) menjadikan juara Caleg Perempuan diraih Partai Persatuan Pembangunan atau PPP berada pada peringkat pertama sebagai partai politik yang menempatkan perempuan.

H

il

us

tr a

si

:E

ll ya s

/a

sa tu

ne

w

s

asil pemetaan dan kajian cepat persentase keterwakilan perempuan yang dilakukan belum lama ini. Partai berlambang Kabah tersebut menempatkan calon anggota legislatif perempuan di 22 daerah pemilihan dari total 77 daerah pemilihan. Atas dasar itulah, KPI sangat mengapresiasi partai yang dikomandoi Suryadharma Ali sebagai partai politik yang pro dengan emansipatif atau emansipasi. "PPP sebagai partai teratas yang menempatkan caleg perempuan di 22 dapil, disusul Partai Amanat Nasional di 20 dapil, Partai Demokrat di 16 Dapil, dan Partai Hanura di 14 dapil," kata Dian Kusumasari, Sekjen KPI, saat membacakan hasil kajian di Jakarta, Kamis (14/11) lalu.

4

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013


Senayan

“PPP sebagai partai teratas yang menempatkan caleg perempuan di 22 dapil, disusul Partai Amanat Nasional di 20 dapil, Partai Demokrat di 16 Dapil, dan Partai Hanura di 14 dapil.

Dian Kusumasari Sekjen KPI

Foto: istimewa

Ini mengisyarakatkan "Peluang keterpilihan perempuan dalam pemilu legislatif mendatang cukup terbuka, terlebih dengan adanya ketentuan perwakilan 30 persen perempuan dalam pemilihan umum legislatif," tutur Dewi. Dihubungi secara terpisah, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP, Fernita Darwis, mengaku keputusan menempatkan caleg perempuan di 22 dapil tersebut bukan tanpa alasan. Perempuan yang kerap mengenakan kerudung berwarna hijau tersebut menjelaskan, pemilih perempuan adalah pemilih yang loyal, terlebih saat mereka sudah memutuskan pilihan. "Apalagi, basis massa PPP adalah majelis-majelis taklim yang mayoritas anggotanya perempuan. PPP berkeyakinan dan wajib mengakomodasi banyak perempuan untuk menjadi tokoh perubahan," tutur caleg nomor urut pertama dari Dapil Jawa Barat XI itu. Masih kata Fernita, majunya perempuan dalam ranah politik merupakan sebuah keharusan yang sangat mendesak. Karena, saat perempuan terpilih dan duduk sebagai seorang legislator, perjuangan untuk meningkat kesejahteraan dan kebutuhan terhadap kaum perempuan bisa direalisasi. "Yang tahu dan memahami kebutuhan perempuan adalah perempuan itu sendiri, sehingga mereka bisa bersuara untuk mengadvokasi kebijakankebijakan di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, hukum, lingkungan hidup, dan lainnya yang berpihak pada kebutuhan perempuan dan anak," tutur Fernita. Kelompok Kerja Reformasi Kebijakan Publik KPI, Dewi Komala Sari, menganggap regulasi yang disusun oleh Komisi Pemilihan Umum terkait 30% keterwakilan

perempuan dalam proses pen-calegan merupakan angin segar yang harus digunakan maksimal oleh perempuan untuk tampil dalam ranah politik. Dewi sangat optimistis, caleg perempuan sanggup bersaing dengan caleg laki-laki dalam kontestasi pemilihan legislatif tahun depan. "Peluang keterpilihan perempuan dalam pemilu legislatif mendatang cukup terbuka, terlebih dengan adanya ketentuan yang menyaratkan perwakilan 30 persen perempuan dalam pemilihan umum legislatif," tutur Dewi. Berbeda dengan pandangan analis politik dari Soegeng Sarjadi Syndicate, Toto Sugiarto, memprediksi jumlah perempuan calon anggota legislatif yang akan terpilih dan duduk sebagai anggota DPR tidak sampai pada 20%. "Tidak akan lebih dari 20 persen. Artinya, perempuan legislator hasil pemilihan umum 2014 maksimal hanya 100 orang," kata Toto saat dihubungi ASATUNEWS, Jumat (15/11). Pria berkacamata tersebut menjelaskan, kendati keterwakilan 30% untuk perempuan telah dijamin undangundang, dalam tataran praktik banyak partai politik yang merasa kesulitan dalam memenuhi kuota tersebut. Alih-alih bekerja maksimal memenuhi tuntutan undang-undang, hal yang terjadi justru sebaliknya, partai politik dianggap tidak siap memasok kuota keterwakilan 30% perempuan. "Mereka kebanyakan tidak siap maju dalam kontestasi. Banyak partai asal comot, asal memenuhi kewajiban undang-undang saja," ujar Toto. ASN

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

5


NASIONAL

Skandal Ical dan Rosan di Dunia Internasional Forum Silaturahmi DPD II Partai Golkar se-Indonesia mendesak dilakukan peninjauan ulang atas pencalonan Aburizal Bakrie sebagai calon presiden. Sebelumnya, Akbar Tandjung juga kerap menyuarakan hal yang sama. Terkait skandal Ical di dunia internasional? Foto: istimewa

B

AGAI api dalam sekam. Begitulah mungkin pergolakan yang tengah terjadi di dalam tubuh Partai Golongan Karya atau Golkar. Padahal, Senin dan Selasa ini (18-19/11), partai warisan Orde Baru itu sedang melangsungkan rapat pimpinan nasional, rapimnas. Tapi, justru, itulah salah satu penyulut. Dalam rapimnas ini, sesuai dengan anggaran dasar/anggaran rumah tangga partai itu, seluruh DPD II Partai Golkar memang tidak berhak ikut. Makanya, mereka tidak diundang. Toh, meski ada aturan itu, para pengurus DPD II Partai Golkar tetap ngotot ingin disertakan. Wajar sebenarnya. Karena, sebagai politisi, mereka tentu ingin masuk dalam putaran sejarah di tengah kondisi Ibu Pertiwi sedang hamil tua. Mereka pun lalu membentuk Forum Silaturahmi DPD II Partai Golkar se-Indonesia. Lewat forum itu, mereka melontarkan protes. "Saya atas nama Ketua Forum Silaturahmi DPD II Partai Golkar se-Indonesia sangat menyesali sekaligus prihatin atas tidak diundangnya DPD-DPD II pada Rapimnas Partai Golkar," kata Ketua Forum Silaturahmi DPD II Golkar, Muntasir Hamid, dalam siaran pers, Kamis (14/11). Bukan hanya itu, mereka juga mengatakan DPP Golkar di bawah kepemimpinan Aburizal Bakrie atau Ical dinilai tak menjaga harmoni partai. Padahal, tak ada yang perlu ditakutkan Ical sehingga tak mengundang DPD II Golkar. "Sangat ironis dan kontradiktif bila dibandingkan dengan partai lain yang justru lebih muda dari kita, seperti Hanura, Nasdem, dll. Mereka mampu menampakkan kehidupan berpolitik yang harmonis di dalam partainya," ujar Muntasir dalam siaran pers-nya. Muntasir pun mengatakan lagi, DPP Golkar janganlah sampai bersikap paranoid kepada DPD II. “Kami kan bukan topan Haiyan yang harus ditakuti," ungkapnya. Muntasir atas nama forum itu juga mendesak seluruh kader Partai Golkar yang ikut rapimnas agar meninjau ulang pencalonan Ical sebagai calon presiden. Soal agar DPD II diundang dalam rapimnas, Ketua Dewan Pertimbangan DPP Partai Golkar Akbar Tandjung pernah menyarankan juga. Namun, saran Akbar bukan hanya diabaikan, bahkan diserang bali

6

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013


NASIONAL

“Saya atas nama Ketua Forum Silaturahmi DPD II Partai Golkar seIndonesia sangat menyesali sekaligus prihatin atas tidak diundangnya DPDDPD II pada Rapimnas Partai Golkar.

Foto: istimewa

oleh banyak kader yang duduk di DPP Partai Golkar, seakan mereka lupa bahwa Akbar-lah “panglima” yang menyelamatkan Golkar dari putaran badai reformasi. Akbar sendiri dalam beberapa bulan terakhir kerap mengatakan pencalonan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie sebagai calon presiden bukanlah harga mati. Pencalonan Aburizal Bakrie atau Ical harus dievaluasi kembali. “Yang perlu dievaluasi itu kinerja Ical, bukan orangnya. Juga kinerja partai dalam upaya menyukseskan Golkar sebagai pemenang pemilu,” ungkap Akbar pada pertengahan Oktober lalu, seusai acara peluncuran dan diskusi buku Golkar: Sejarah yang Hilang, Akar Pemikiran, dan Dinamika, di Jakarta. Menurut Akbar lagi, untuk bisa sukses memenangkan Pemilu 2014, Partai Golkar harus sukses dulu dalam melakukan konsolidasi. “Juga sukses dalam melakukan kaderisasi dan memperjuangkan kepentingan publik. Misalnya soal kasus lumpur Lapindo. Itu sedang kami kaji, sejauh mana dampaknya,” tutur Akbar. Ketika ASATUNEWS bertanya, apakah semangatnya mendorong diadakannya evaluasi atas pencalonan Ical sebagai calon presiden dari Partai Golkar terkait dengan adanya isu nama Aburizal Bakrie masuk dalam daftar hitam komunitas keuangan dunia, Akbar mengaku belum mendapat info mengenal hal tersebut. “Saya tidak mau berspekulasi untuk hal tersebut,” kata Akbar. Memang, ada kabar berembus, nama Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie sudah rusak dan masuk dalam daftar hitam komunitas keuangan dunia. Penyebabnya, seperti banyak diberitakan media massa beberapa bulan lalu, terkait hilangnya dana Bumi Plc senilai US$ 201 juta. Skandal ini dikabarkan dilakukan oleh Rosan P Roeslani, Presiden Direktur PT Berau Coal Energy. Berau adalah anak perusahaan Bumi Plc, yang sebagian besarnya dimiliki oleh Rothschild, konglomerat berdarah Yahudi asal Inggris. Sebagai perusahaan yang berentitas Inggris, Bumi Plc tunduk kepada hukum Inggris. Kabar itu juga mengatakan, meski Rosan P Roeslani sebagai Presiden Direktur PT Berau Coal Energy yang pasang badan dengan mengakui sebagai pelaku penggelapan tersebut, Rothschild tahu siapa orang

di belakang Rosan. “Apalagi, temuan-temuan audit menunjukkan bahwa keuntungan dari penggelapan yang dilakukan Rosan P Roeslani di Berau itu untuk kepetingan Bakrie,” kata sumber ASATUNEWS. Ketika boroknya terbuka, Rosan langsung mengundurkan diri dari posisi Direktur (Non-eksekutif) Bumi Plc dan sebagai Presiden Direktur PT Berau Coal Energy. “Dia terancam pidana berat,” ujar sumber kami. Di Inggris, apa yang diduga dilakukan Rosan itu adalah kejahatan berat, tergolong kejahatan luar biasa. Memang, sudah ada kesepakatan antara Rothschild dan Rosan Roeslani. Rosan akan mengganti uang yang hilang itu dan Rothschild akan melepaskan hak penuntutannya. Namun, kredibilitas Rosan telah hancur di kalangan bisnis dunia. “Dia dimasukkan sebagai penjahat keuangan. Apalagi, Rosan belum tentu mampu mengembalikan uang US$ 201 juta dalam bentuk tunai secepatcepatnya. Aset-asetnya pun sudah dibekukan,” ungkap sumber kami. Diduga juga, Rosan telah menyuap oknum Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam LK) Republik Indonesia untuk mengubah laporan keuangan PT Berau Coal Energy. “Bapepam yang semula menyatakan ada penyimpangan serius di Berau tiba-tiba saja meralat dan menyatakan laporan keuangan Berau wajar alias tidak ada fraud,” kata sumber kami lagi. Padahal, pasar modal dan komunitas bisnis dunia sudah geger dan tahu apa yang sebenarnya terjadi di BUMI Plc. “Rosan dan Nirwan Bakrie dikabarkan sedang konflik besar. Rosan tidak mau menjadi tumbal. Rosan merasa dizalimi Bakrie,” ungkap sumber kami. Sebab, uangUS$ 201 juta itu, menurut sumber kami lagi, digunakan Rosan untuk kepentingan bisnis Bakrie. “Dia hanya menjalankan perintah Bakrie,” tuturnya. Sampai saat ini, Rosan belum mau berbicara soal tersebut. Namun, pekan lalu, namanya kerap muncul terkait pembenahan klub sepakbola Seri A Liga Itali, Inter Milan. Rosan memang salah seorang pembeli saham terbesar klub sepakbola itu, bersama pengusaha Erick Thohir, adik dari Boy Thohir, yang diduga terlibat dalam kasus korupsi dan penyuapan SKK Migas. Boy Tohir adalah pemilik perusahaan tambang terkenal, Adaro. Bahaudin, Purwadi

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

7


NASIONAL

Pujian Ibu Ani untuk Mega ‘‘Makelar’’ Damai Mega-SBY Ibu Negara Ani Yudhoyono memberikan ceramah kepada 1700 anggota Dharma Wanita tentang politik.

8

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

D

alam pidatonya, ia menyebut Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri sebagai contoh prestasi perempuan dalam politik nasional. "Tercatat pula dalam sejarah negara kita bahwa Presiden RI kelima, Ibu Megawati Soekarnoputri yang menjadi bukti nyata bahwa perempuan dapat menjadi pemimpin di skala nasional," ujar Ani Yudhoyono di Manggala Wanabhakti Kementerian Kehutanan, Rabu (13/11/2013).


NASIONAL

Tentunya sangat menarik untuk memahami makna pujian terhadap Mega sebagai salah satu politisi terkuat sejak masa Orde Baru (Orba). Sebagian kalangan masih meremehkan Mega seolah bukan orang yang pantas memimpin. Meski di tangannya, lahir organisasi partai politik (parpol) yang dinamis. Di PDI Perjuangan, Mega terus menjadi Ketua Umum (Ketum), yang tidak pernah tidak mengalami badai. Beberapa kader terbaik datang dan pergi untuk membuat parpol baru atau bergabung dengan parpol lain. Apakah Ibu Ani ingin memperbaiki hubungan baik dengan Mega setelah kancah Pemilihan Presiden (Pilpres) 2004 dan 2009 saling berhadapan? Mungkin yang paling membekas adalah kaitan di antara pernyataan suami Mega yakni Taufiq Kiemas (TK), yang menyebutkan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) adalah anak TK. Hubungan baik antara TK dan SBY sudah terjadi pasca Pilpres 2009, sejumlah pihak berharap, PDI Perjuangan ikut di dalam gerbong koalisi, tapi Mega tetap pada putusan untuk jadi oposisi. Menjelang 2014, gejolak politik semakin panas setelah badai politik menerjang Partai Demokrat, yang berujung pada jatuhnya sejumlah kader terbaiknya sebagai tersangka korupsi, terdakwa, bahkan jadi terpidana. Perseteruan di antara Anas Urbaningrum dan SBY tidak terelakkan.

Tercatat pula dalam sejarah negara kita bahwa Presiden RI kelima, Ibu Megawati Soekarnoputri yang menjadi bukti nyata bahwa perempuan dapat menjadi pemimpin di skala nasional.

Upaya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menguatkan bukti-bukti terkait sangkaan korupsi kepada Anas tentu saja perseteruan semakin meruncing, maka upaya Ibu Ani untuk memperbaiki hubungan baik yang selama ini retak menjadi upaya untuk mengurangi lawan berat di Pemilu 2014. PD sendiri masih melaksanakan konvensi Calon Presiden (Capres), yang melahirkan sejumlah nama seperti Gita Wirjawan, Dahlan Iskan, Anies Baswedan, dan Pramono Edhie Wibowo, serta sejumlah nama lainnya. Ada peluang untuk menyandingkan kandidat yang akan diusung PD dengan kandidat yang akan diusung PDI Perjuangan di Pilpres 2014, itu harus diawali dengan kembalinya hubungan baik, tapi itu tidak mudah. Tentu saja pujian-pujian bisa juga menjadi bumerang terhadap orang yang mendapatkan pujian. Mega dihujat sebagian kalangan, tapi juga dipuji kalangan lainnya. Kepemimpinan Mega bukan hanya diakui Ani Yudhoyono, tapi diakui dunia internasional sebagai pemimpin wanita paling berpengaruh. Memang layak kaum hawa meneladani kepemimpinan Mega setidaknya untuk mengikuti jejaknya sebagai pemimpin wanita, yang bukan hanya langka di Indonesia, tapi di dunia yang pada umumnya dipimpin pria. ASN

Foto: istimewa

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

9


LapORANUTAMA

Marzuki Alie

dalam Pusaran Uang Setan

10

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013


LapORANUTAMA

Ketua DPR Marzuki Alie pernah menjadi tersangka korupsi. Ia juga pernah dituding menerima suap terkait rencana pembangunan gedung DPR. Ada juga yang mengatakan Marzuki menerima uang dari mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Nazaruddin. Bagaimana ceritanya?

“C

ari berita lain saja kalau tidak mengerti masalah. Tanya Kejagung. Tanya Semen Baturaja. Enggak usah tanya saya,” kata Ketua DPR, Marzuki Alie, ketika ASATUNEWS mengonfirmasi kabar yang kami terima bahwa soal kasus korupsi di PT Semen Baturaja akan diusut kembali. Dalam kasus dugaan korupsi dengan nilai proyek Rp 600 miliar itu, Marzuki Alie memang sempat dikenakan status tersangka oleh Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan (Kejati Sumsel), bersama dua petinggi lain dari PT Semen Baturaja, yakni Azam Nanatwijaya (kepala departemen niaga) dan Darusman (direktur teknik). Marzuki Alie sendiri pada masa terjadinya dugaan korupsi itu menjadi Direktur Komersil PT Semen Baturaja. Marzuki menjadi direktur dari tahun 1997 sampai tahun 2001. Marzuki dijadikan tersangka oleh Kejati Sumsel pada 27 Juli 2004, dengan nomor surat panggilan 241/2004. Ia disidk berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Kejati Sumsel No Print/139/N.6/F 1703/2004 tertanggal 3 Maret 2004. Pasalnya, Badan Pemeriksaan Keuangan menemukan indikasi korupsi dalam proyek optimalisasi pabrik PT Semen Baturaja. Sebelumnya, Kejaksaan Agung juga sudah mengirimkan surat pemanggilan kepada Marzuki Ali terkait kasus korupsi Proyek Optimalisasi Pabrik Tahap II PT Semen Baturaja. Surat bernomor BB/ F/F-21/11/2002 tertanggal 12 November 2002 itu ditandatangani Direktur Penyidikan Tindak pidana Khusus Untung Udji Santoso. Namun, kemudian kasus ini seakan lenyap dibawa setan. Tak terdengar lagi kelanjutannya, sampai akhirnya lembaga swadaya masyarakat Goverment Againt Coruption and Discrimination pada Mei 2011 menginformasikan bahwa pada 30 Mei 2011 akan digelar sidang praperadilan SP3 Kejaksaan Agung yang telah memberhentikan penyidikan perkara Ketua DPR Marzuki Alie, sidang praperadilan itu digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Lagi-lagi, setelah itu tidak terdengar lagi kelanjutannya kasus yang membawa-bawa nama Marzuki Alie itu. Kasus ini baru kembali ramai dibicarakan setelah lebih dari setahun kemudia,

Foto: istimewa

Marzuki Alie, Ketua DPR

Oktober 2012, ketika Jaksa Agung Basrief Arief menyinggung soal SP3 kasus Korupsi PT Semen Baturaja, yang dikeluarkan Kejaksaan Agung pada pertengahan tahun 2009 silam. Basrief mengatakannya dalam rapat konsultasi pimpinan DPR dan pimpinan lembaga penegak hukum di Komisi III DPR. Ketika banyak wartawan menanyakan, apakah SP3 itu akan dicabut atau dipertahankan, Basrief berkata, “Soal buka-membuka itu ada prosedurnya. Kami belum bisa melihatnya. Itu harus memenuhi keadilan dulu. Tapi akan kami dalami dulu,” katanya kepada wartawan, di Jakarta, 17 Oktober 2012 silam. Kejaksaan Agung melalui Wakil Jaksa Agung Darmono pun kemudian menyatakan akan mengevaluasi kembali SP3 kasus itu, yang melibatkan mantan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat yang kemudian menjadi Ketua DPR itu. “Kami pelajari, akan dievaluasi dulu, apakah pencabutannya diperlukan atau tidak,” kata Darmono. Pada 17 Oktober 2012, Damono pun kembali mengatakan akan mempelajari mengevaluasi lagi SP3 tersebut. “Nanti akan dikoordinasikan dengan Jampidsus,” kata Darmono. Tanggapan senada juga disampaikan salah seorang pejabat Pengaduan Masyarakat Kejakasaan Agung, Ibnu Firman. Pada 22 Oktober 2012, Ibnu mengatakan pihaknya akan menyampaikan hasil

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

11


LapORANUTAMA

konfirmasi para pimpinan Kejaksaan Agung tentang kelanjutan evaluasi SP3 tersebut dalam waktu dekat. “Pertanyaan ini akan disikapi oleh pimpinan. Satu minggu lagi, hasil konfirmasinya dapat kami sampaikan,” ujar Ibnu. Bahkan, Ibnu juga mengatakan Kejaksaan Agung tidak segan membuka kembali penyidikan kasus ini jika ditemukan adanya fakta baru yang dapat membatalkan SP3 Ketua DPR itu. “Apabila terlihat fakta baru, kasus SP3 Marzuki Alie akan ditindaklanjuti. Hal ini nantinya akan dijelaskan oleh Kapuspenkum atau pejabat terkait yang menangani kasus SP3 ini,” tutur Ibnu. Kepada sebuah media nasional, Marzuki Alie sendiri pernah menjelaskan hal-ihwal kasus tersebut. Ia mengatakan, justru dirinya dan direktur lain PT Semen Baturaja berhasil menyelamatkan PT Semen Baturaja dari kebangkrutan. “Saya diangkat menjadi direktur bersama direksi lain. Jajaran direksi baru inilah yang kemudian berhasil menyelamatkan PT Semen Baturaja dengan total aset hasil penilaian apraisal independen Rp 1,2 triliun. Alhasil, perusahaan bangkrut ini hidup kembali. Karena keberhasilan ini, saya diangkat menjadi direktur utama, tetapi jabatan ini tak pernah dieksekusi, saya tetap menjabat sebagai direktur,” ujarnya pada tahun 2012 lalu. Sampai berita ini diturunkan, bagaimana hasil evaluasi Kejaksaan Agung mengenai SP3 yang melibatkan nama Marzuki Alie tidak pernah diumumkan. Bahkan alasan kenapa belum juga ada pengumuman evaluasi itu tak pernah terdengar dari Kejaksaan Agung. Entah kenapa. Yang pasti, nama Marzuki Alie kembali Foto: istimewa

muncul dalam sebuah pemberitaan yang dimuat sebuah media nasional, beberapa waktu lalu. Marzuki dituding menerima uang suap Rp 250 juta dalam rencana pembangunan gedung DPR, yang kemudian dibatalkan. Marzuki pun bak kebakaran jenggot. Ia menjelaskan ke sana-kemari dengan mengatakan tudingan itu tidak benar. Bahkan, pada sebuah acara televisi yang menggunakan frekuensi publik, Marzuki menjelaskan panjang lebar duduk perkara rencana pembangunan gedung DPR dan bagaimana kontribusi dirinya dalam perjalanan rencana itu. Ia juga mengatakan ada yang menjual namanya, seperti juga ia paparkan dalam surat jawabannya kepada media yang telah menuding dirinya menerima suap. “Saya yakin, catatan nama saya menerima Rp 250 juta itu tidak salah, tapi siapa yang menjual nama saya, itu yang harus diungkap. Dari cerita di atas saja jelas ada yang menjual nama saya. Saya melakukan ini semua demi idealisme yang diajarkan bapak saya, untuk menjaga martabat keluarga, tapi harus berani, walaupun kita bekorban untuk itu. Itulah nama Ali yang ditambahkan di nama Marzuki,” demikian antara lain ditulis Marzuki dalam surat untuk menggunakan hak jawabnya. Toh, bukan berarti tudingan bengkok kepada Marzuki berhenti. Beberapa waktu lalu, seorang sumber mengatakan kepada kami, Marzuki Alie juga menerima uang dari Nazaruddin. “Marzuki Alie dilaporkan ke KPK oleh Nazaruddin karena Nazaruddin mengaku pernah memberi Marzuki Alie uang sekitar Rp 20 miliar, tepatnya US$ 2 juta. Uang yang diberikan itu memang uang dolar,” ujarnya. Uang tersebut, lanjut sumber kami, dibawa langsung oleh Nazaruddin bersama Johnny Allen pada suatu malam ke rumah Marzuki Alie di bilangan Halim, Jakarta Timur. “Itu diberikan langsung, dari tangan Nazaruddin ke tangan Marzuki Alie. Ajudan Nazaruddin yang bernama Iwan pun sudah memberi keterangan ke KPK bahwa ia pernah mengantar Nazaruddin ke rumah Marzuki di bilangan Halim,” ungkap sumber kami. Ketika itu, tambah sumber kami, yang menyetir mobil yang dinaiki Nazaruddin adalah sopi Nazaruddin yang bernama Aan. Mengapa Nazaruddin memberikan uang kepada Marzuki Alie? “Karena, Marzuki meminta uang yang telah ia keluarkan waktu kongres Partai Demokrat di Bandung itu diganti oleh Nazaruddin,” tuturnya. Namun, Marzuki Alie membantah dirinya menerima uang senilai Rp 20 milliar dari Nazaruddin. “Tidak ada itu. Kalau bicara, yang masuk akal-lah,” kata Marzuki kepada ASATUNEWS. Bahkan, ia mengatakan, jika dana sebesar Rp 20 milliar dibawa ke rumahnya, bagaimana cara membawanya. “Dibawanya menggunakan apa dan berapa karung yang harus dibawa?” ucapnya. Ah, kalau uang itu adalah uang dolar Amerika Serikat, tentu saja tidak perlu sebuah karung pun. Bahkan, kardus bekas bungkus kopiah saja masih terlampau besar untuk menjadi wadah US$ 2 juta itu. Danang/Purwadi

12

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013


LapORANUTAMA

Sudi Silalahi Juga Dituding Melahap Semen

M

ENJELANG akhir Oktober lalu, Federasi Serikat Pekerja BUMN (FSPBUMN) mengeluarkan siaran pers yang mengungkapkan soal adanya mafia semen. Menurut Ketua FSPBUMN Fransikus Xaverius Arif Poyuwono dalam siaran pers itu, ada mafia di PT Semen Gresik yang meminta jatah Rp 2 ribu per sak semen berbobot 50 kilogram. Uang jatah tersebut, lanjut Arif, kemudian diberikan kepada seorang menteri berinisial SS dan juga dibagi ke oknum direksi perusahaan semen itu. Diduga, SS itu adalah inisial dari Sudi Silalahi, Menteri Sekretaris Negara. “Produksi semen di PT Semen Gresik yang merupakan perusahaan terbesar penghasil semen nasional setiap tahun memproduksi hampir 9 juta ton semen, yang dijual dengan sak kira-kira 4,5 juta ton, sedangkan yang dijual secara curah 4,5 juta ton,” kata Arif. Dengan jumlah sebanyak itu, lanjut Arif, mafia semen akan mendapatkan jatah Rp 180 miliar setiap tahun. Karena, setiap 1 ton semen jika dikemas dalam sak berukuran 50 kilogram akan menghasilkan 20 sak; kemudian 20 sak dikalikan Rp 2 ribu rupiah, maka jatah yang diterima dari 1 ton semen sebesar Rp 40 ribu. Nah, Rp 40 ribu dikali 4.5 juta (ton), hasilnya adalah Rp 180 miliar. Di mana uang itu disimpan? Menurut informasi, uang itu disimpan di sebuah bank di Singapura, Bank Standard Charter, atas nama seorang istri perwira polisi. “Karena itu, kami meminta Komisi Pemberantasan Korupsi dan Badan Pemeriksa Keuangan untuk menelusuri adanya mafia jatah semen yang merugikan PT Semen Gresik.Rencananya FSP BUMN Bersatu melalui ketua hariannya akan menginvestigasi dan akan melaporkan kepada KPK, Menteri BUMN, juga ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, atas jaringan mafia semen yang melibat seorang menteri SBY yang berinisial SS dan oknum direksi Semen Gresik,” ungkap Arif. Tudingan itu pun dibantah oleh Sekretaris Perusahaan PT Semen Gresik, Prakoso Wibowo. Pada 29

Foto: istimewa

Oktober lalu. Menurut Prakoso, PT Semen Gresik merupakan sebuah perusahaan terbuka yang diaudit oleh auditor independen. Dengan demikian, kemungkinan adanya penyelewengan sangat kecil, karena hasil audit langsung bisa diketahui. “Kami juga telah menerapkan sistem IT dengan menggunakan enterprises resource planning, ERP, yang andal,” ungkap Prakoso Wibowo. ERP, lanjut Prakoso, merupakan sistem yang terintegrasi dalam pengelolaan proses bisnis untuk meminimalkan potensi salah operasional. Saat ini, kapasitas produksi dalam negeri Semen Indonesia Group mencapai 27 juta ton per tahun, sedangkan kapasitas pabrik di Tuban lebih dari 13 juta ton semen per tahun, dengan komposisi penjualan dalam bentuk kantong (bag) sekitar 78% dan curah (bulk) sekitar 22%. “Perlu dicatat, PT Semen Gresik merupakan perusahaan terbuka yang senantiasa mematuhi peraturan yang berlaku. Perusahaan ini juga telah menerapkan good corporate governance dalam melakukan pengelolaan perusahaan,” tutur Prakoso. Purwadi

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

13


Sorot

Effendi Simbolon & Si Cantik Merish Yang Tergusur SKK Migas Artha Merish Simbolon Direktur PT Surya Parna Niaga telah dicegah dan dijadikan saksi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus suap Rudi Rubiandini.

14

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

Foto: istimewa

B

anyak yang mengaitkan Artha dengan politisi PDIP Effendi Simbolon yang juga Wakil Ketua Komisi VII bidang Energi. Artha Merish sudah dipangil dan diperiksa KPK. Dia juga sudah di cekal. Apa hubungan Effendi Simbolon dengan Merish? KPK memang sudah memanggil satu persatu orang yang dicegah bepergian ke luar negeri terkait kasus dugaan suap bekas Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Rudi Rubiandini. Misalnya KPK memanggil petinggi sebuah perusahaan perminyakan, PT Zerotech Nusantara, Febri Prasetyadi Soeparta. Nama Febri Prasetyadi Soeparta muncul saat KPK mengumumkan status cegah yang dikenakan padanya, 28 Agustus 2013. Pada saat itu, Febri dicegah berbarengan dengan pencegahan Sekretaris Jenderal Kementerian Energi Waryono Karno. KPK mencegah enam orang. Seluruhnya yaitu Iwan Ratman, Kepala Divisi Penunjang Operasi SKK Migas; Popi Ahmad Nafis, Kepala Divisi Komersialisasi Gas Bidang Pengendalian Komersil SKK Migas; Agoes Sapto Rahardjo, Kepala Divisi Komersialisasi Minyak dan Kondesat Bidang Pengendalian Komersial SKK Migas. Tapi saat diperiksa Artha Meris Simbolon, Presiden Direktur PT Parna Raya Grup pada 13/11 yang diperiksa cukup lama, namun menurut Juru bicara KPK Johan Budi bahwa Merish masih sebagai saksi. “Sampai kini masih saksi belum berubah,�kata Johan kepada ASATUNEWS. Seperti diketahui Kasus suap SKK Migas sudah menjerat tiga orang menjadi tersangka. Ketiganya adalah bekas Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini, petinggi Kernel Oil Pte Ltd Indonesia Simon Gunawan, dan pelatih golf Deviardi (Ardi). Kasus ini bermula dari operasi tangkap tangan KPK pada Selasa, 13 Agustus 2013. Hasil


SOROT

Foto: istimewa

operasi ini bahkan menjadi hasil terbesar sepanjang sejarah KPK. Hasil tangkapan adalah uang US$ 400 ribu, US$ 90 ribu, dan Sin$ 127 ribu, sekaligus sebuah sepeda motor mewah bermerek BMW hitam berpelat nomor B-3946-FT. Pada tanggal 12 November kemarin bahkan Rudi dan ardi dijerat pasar 3 mengenai PKKPU alias telibat dalam pencucian uang. Diduga, uang itu digunakan untuk “menanam jasa” trading atau tender di bidang migas yang belum berlangsung supaya Kernel menang tender tersebut. Sementara itu anggota DPR dari PDIP membantah bahwa keterlibatannya dengan Merish, “Saya kenal. Saya nggak tahu kenapa dia dicegah KPK. Lihat nanti perkembangan di KPK seperti apa,” kata Effendi waktu itu di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Effendi menegaskan, walau sesama Simbolon dirinya tak ada hubungan kakak adik dengan Artha. “Dibilang dekat bukan kakak adik langsung,” imbuhnya. Saat disinggung soal kedekatan Artha dalam kampanye Gubernur Effendi di Sumut, dia hanya menjawab diplomatis. “Semua juga mendukung,” tuturnya. Effendi tak bicara banyak lagi, termasuk saat ditanya soal perusahaan milik Artha yang kabarnya mendapat jatah besar penyaluran BBM. “Itu kan tender, justru bukan di SKK Migas. Menyalurkan solar khusus nelayan,” tutupnya. KPK melakukan pencegahan ke luar negeri selain pejabat SKK Migas, juga ada pengusaha Kamis, 15 Agustus 2013, KPK meminta empat orang lagi dicegah bepergian ke luar negeri. Mereka adalah Kepala Divisi Komersialisasi Minyak Bumi dan Kondensat SKK Migas, Agus Sapto Raharjo Moerdi Hartono, Kepala

Divisi Komersial Gas SKK Migas Popi Ahmad Nafis, Kepala Divisi Operasi SKK Migas, Iwan Ratman dan satu orang dari perusahaan swasta yakni Direktur PT Surya Parna Niaga, Artha Merish Simbolon. Saat ini jelas sudah kaitan keempat orang itu dengan kasus penyuapan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini bahwa perkenalan Artha Merish Simbolon ke SKK Migas yang atur Effendi Simbolon, dan PT Kernel Oil yang memperkenalkan adalah Effendi juga lewat Popi Ahmad Nafis dimana dia sebagai pimro tender di SKK Migas. Kasus Gas Husky Kasus penentuan harga jual Gas Husky oleh BP migas (sekarang SKK Migas) benarbenar sudah banyak yang termanifulasi, bayangkan Gas produksi kontraktor bagi hasil Husky di Selat Madura Jawa Timur (BP BLOCK) dijual dalam bentuk GSPA(gas sales and pucase agreement) antara Husky dengan PGN,PT Inti Alasindo dan PT. Parna Raya milik Merish Simbolon. Dari data yang dihimpun ASATUNEWS bahwa GSPA ditandatangani oleh para pihak dengan saksi KA BP migas saat itu sebagai wakil pemerintah. Dalam GSPA tersebut ditetapkan volume penjualan gas sebanyak 100 mmscfd,dimana 40% dijual kepada PT.Inti Alasindo,40% kepada PT Parna Raya dan 20% kepada PT PGN untuk masa penjualan dimualai akhir 2015,selama masa kontrak 15 tahun. Harga jual Gas ditetapkan sebesar USD.4,2/mmbtu yang merupakan kesepakatan para pihak dari hasil tender dengan koordinasi BP Migas. Kesepakatan ini berubah dengan habisnya kontrak bagi hasil husky tahun 2010. Untuk perpanjangan kontrak bagi hasil ini disyaratkan husky untuk membuat perencanaan/plant of development baru.

Untuk ini GSPA diatas terpaksa harus diubah, lalu pada tahap itu negoisasi ulang harga jual gas terjadi antara hussky dengan PGN. PT. Inti Alasindo dan PT. Parna Raya fasilitator perundingan adalah BP migas (sekarang SKK migas). Dalam kaitannya dengan PT. Parna Raya, peran Drs. Efendi Simbolon sebagai wakil ketua komisi VII adalah sangat dominan dalam rangka mendapatkan harga beli gas untuk Parna Raya yang rendah. Untuk itu, yang bersangkutan bertindak sebagai Key Initiator dengan imbalan jasa dari PT. Parna Raya. Lalu apalagi peran Efendi Simbolon dalam hal ini adalah sebagai fasilitator menghubungkan PT.Parna Raya dengan menteri ESDM dan kepala BP Migas saat itu. Fasilitas ini dilakukan dengan cara penekanan politik dengan mengatasnamakan partai tertentu (partai politik yang bersangkutan). Sebagai hasil negoisasi ulang, BP migas mengusulakan kepada menteri ESDM melalui ditjen migas harga gas sebagai berikut: 1. PT. PGN – USD 5,8/mmbtu 2. PT.Inti alasindo – USD 5,8/mmbtu 3. PT.Parna Raya – USD 5,2/mmbtu Usulan ini distujui oleh menteri ESDM dalam SK MESDM tentang harga jual gas husky kepada ketiga perusahaan tersebut. Selisih USD 0,60/mmbtu dengan volume penjualan 40 mmscfd untuk PT.Parna Raya menyebabkan potensi kerugian Negara sebesar USD 8,64 juta pertahun untuk proyeksi kontrak selama 15 tahun. Apa peran Effendi Simbolon lainnya silakan simak Kasus penentuan harga jual gas untuk PT. KPI oleh SKK Migas.

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

15


Sorot

Kasus ini terkait dengan harga jual gas dari grup East Kalimantan (Total Indonesie, Vico, Chevron, Pertamina) untuk keperluan bahan baku pabrik ammonia, yaitu PT KPA (Kaltim Pacific Ammonia) dan PT KPA (Kaltim Parna Indonesia) PT KPA dimiliki sepenuhnya oleh Mitsui Corporation sebagai perusahaan PMA. Sedangkan PT KPI dimiliki oleh Mitshubishi Corporatinon Grup (65%), PT Parna Raya (25%) serta yayasan pensiuon PT PUPUK Kaltim (10%) sebagai perusahaan PMA Harga jual gas untuk PT KPA pada saat ini berkisar USD 5,8-6,0/mmbtu semetara harga gas KPI berkisar USD 12-13/mmbtu. Pada bulan Juni 2013, PT Parna Raya mengambil hasil alih saham pihak investor Jepang, sehingga komposisi saham menjadi: PT. Parna Raya (90%) dan yayasan pensiun PT Pupuk Kaltim (10%). Status Badan Usaha Menjadi PMDN. Yang menajdi masalah disini adalah Harga nilai jual gas kepada PT KPI sebagai PMDN dianggqap PT Parna Raya sangat tidak berpihak kepada perusahaan nasional sehingga PT Parna Raya meminta jasa Drs.Effendi Simbolon untuk memohon pemerintah CQ,Menteri ESDM dan SKK migas guna mendapatkan harga beli gas bagin Parna Raya yang lebih murah. Effendi Simbolon dengan melakukan penekanan politik mengatasnamakan partai poloitik yang diwakilinya menjadi fasilitator Foto: istimewa

16

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

PT Parna Raya untuk mendapatkan harga beli gas yang murah kepada menteri ESDM saat ini dan kepala SKK migas pada saat itu (Dr. Rubandini). Perundingaan saat itu PT Parna Raya diwakili oleh Artha Merish Simbolon dengan didampingi Effendi Simbolon Untuk jasa sebagai fasilitator ini,drs effendi simbolon meminta imbalan jasa kepada PT parna raya dalam hal ini tidak jelas apakah imbalan tersebut unutk kepentingan politik atau memeneuhi kepetingan pribadi yang bersangkutan.... Artha Merish Simbolon Direktur PT Surya Parna Niaga tiba-tiba muncul dalam kasus kasus suap Rudi Rubiandini. Siapa dia? Dan apa hubungan dengan politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Effendi Simbolon yang juga Wakil Ketua Komisi VII bidang Energi. Berikut ini adalah fakta yang sangat eksklusif yang hanya ASATUNEWS punya dibalik semua cerita kasus SKK MIgas yang mana KPK telah telah menetapkan tiga tersangka yaitu Rudi Rubiandini mantan kepala SKK Migas, Simon Gunawan (Kernel Oil) dan pelatih Golf Rudi yang dijadikan Kurir Rudi yaitu Deviardi alias Ardi. KPK masih penyidikan kasus dugaan suap dari PT Kernel Oil kepada bekas Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas, Rudi Rubiandini. Dan karena KPK memastikan tidak hanya berhenti pada tiga tersangka yang

sudah ditetapkan yakni Rudi Rubiandini, Simon G. Tanjaya dan Deviardi. Maka sejumlah nama muncul, KPK melakukan pencegahan ke luar negeri selain pejabat SKK Migas, juga ada pengusaha Kamis, 15 Agustus 2013, KPK meminta empat orang lagi dicegah bepergian ke luar negeri. Mereka adalah Kepala Divisi Komersialisasi Minyak Bumi dan Kondensat SKK Migas, Agus Sapto Raharjo Moerdi Hartono, Kepala Divisi Komersial Gas SKK Migas Popo Ahmad Nafis, Kepala Divisi Operasi SKK Migas, Iwan Ratman dan satu orang dari perusahaan swasta yakni Direktur PT Surya Parna Niaga, Artha Merish Simbolon. Awalnya belum jelas apa kaitan keempat orang itu dengan kasus penyuapan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini. Kini diketahui dasar pencegahan itu. Dipastikan terkait kasus Rudi Rubiandini yang mana sering mendapat setoran melalui orang-orang itu. Nama Artha Merish Simbolon yang juga pengusaha PT Surya Parna Niaga masuk daftar cekal dua hari setelah penangkapan OTT oleh KPK di rumah Rudi Rubiandini Jl. Brawijaya Jakarta Selatan. Lantas apa hubungan Artha Merish Simbolon dengan politisi Effendi Simbolon? Dari pengakuannya beberapa waktu lalu Effendi Simbolon mengatakan. “Saya Kenal. Saya nggak tahu kenapa dia dicegah KPK. Lihat nanti perkembangan di KPK seperti apa,� kata Effendi di Gedung


SOROT

DPR, Senayan, Jakarta waktu itu. Effendi menegaskan, walau sesama Simbolon dirinya tak ada hubungan kakak adik dengan Artha. “Dibilang dekat bukan kakak adik langsung,” imbuhnya. Kedekatan Artha dengan Effendi Simbolon bukan sekadar dekat begitu saja. Effendi Simbolon yang merupakan tokoh bagi marga Simbolon memiliki peran penting di tanah Batak. Wajar jika saja dalam kampanye waktu Effendi Simbolon maju jadi calon Gubernur Sumatra Utara Effendi dikabarkan dapat dukungan dana dari Merish puluhan miliar. Namun semua itu dibantahnya dan dia hanya menjawab secara diplomatis. “Semua juga mendukung saya,”bantahnya. Effendi tak bicara banyak lagi, termasuk saat ditanya soal perusahaan milik Artha yang kabarnya mendapat jatah besar penyaluran BBM. Nah inilah yang coba ASATUNEWS telusuri dimana sejumlah data yang kami dapat mengatakan ada peran Effendi Simbolon dalam perusahaan Merish ini. Lagi-lagi Effendi Simbolon pun membantah soal ini “Itu kan tender, justru bukan di SKK Migas. Menyalurkan solar khusus nelayan kok,” tutupnya. Peran lain Effendi Simbolon adalah yang tercantum dibawah ini, yaitu bagian III Masalah Pendirian PT.SPN untuk menangani bisnis trading BBM dan CRUDE OIL. PT Surya Parna Raya (SPN)didirikan dalam rangka untuk melakukan bisnis trading BBM dan crude oil atas pemikiran (idea) Effendi Simbolon dalam rangka mengantisipasi perubahan partai berkuasa ditahun 2014, alasannya, bahwa pelaku bisnis trading non-pertamina saat ini sudah dikuasai partai yang berkuasa dan partai yang berkuasa di Zaman orde baru. Membentuk cikal bakal trader BBM dan crude oil dirasakan sangat penting untuk mendukung program-program potiltik apabila yang bersangkutan menjadi pejabat penting eksekutif. Untuk tahap awal, PT SPN dipaksa untuk berpartisipasi dalam penyediaan dan pendistribusian BBM bersubsidi selaku pendamping PT. Pertamina, terminologi ’paksa’ digunakan disini karena bisnis ini resikonya besar dan keuntunganya sangat tipis bahkan merugi. Hal ini menjelaskan kenapa hanya sedikit badan usaha yang tertarik untuk ikut serta sbagai pelaksana penyediaan dan pendisstribusian BBM bersubsidi. Namun Effendi Simbolon menjamin PT SPN bahwa pasokan BBM untuk penugasan pemerintah diatas akan dipenuhi oleh PT pertamina melalui anak perusahaan PT Pertamina, yaitu PT Patra Niaga. Dalam hal ini Effendi Simbolon kembali memanfaatkan kedudukannya sebagai Wakil Ketua Komisi VII dan elemen penting partainya. Lantas negoisasi dilakukan antara Arta

Effendi Simbolon

Foto: istimewa

Itu kan tender, justru bukan di SKK Migas. Menyalurkan solar khusus nelayan kok.

Meris Simbolon mewakili PT SPN melalui fasilitator Effendi Simbolon dengan Hanung Budya (Direktur pemasaran PT Pertamina) dan Delas Pontolumiu (dulu Dirut PT. Patra Niaga). Namun, kesepakatan hanya berlaku selama tiga bulan karena PT parta niaga tidak mau merugi karena dipaksa oleh tekanan politik untuk menjual BBMnya dibawah harga beli mereka. Hal ini menyebabkan PT SPN gagal melakukan penugasan untuk menyediakan dan mendistribusikan BBM bersubsidi untuk jangka waktu yang lama (wan prestasi). Terlepas dari kegagalan menekan PT Patra Niaga, anehnya Effendi Simbolon tetap meminta imbalan untuk jasa fasilitasi ini. Terlepas dari kegagalan memaksa PT SPN untuk melakukan penyediaan dan pendistribusian BBM bersubsidi dan Effendi Simbolon tetap menginginkan PT SPN sebagai cikal bakal trader BBM dan crude Oil sebagai kendaraan politik ditahun 2014 mendatang. Terkait dengan PT Kernel Oil sebagai oil trader di Singapura yang punya reputasi untuk bisnis trading petroleum product dan crude oil kelas internasional difasilitasi Effendi Simbolon untuk melakukan usaha di Indonesia berdampingan denga PT SPN sebagai pemegang saham. Untuk mendapatkan alokasi saham tersebut, yang Effendi mengenalkan perusahaan trader singapura tersebut dengan menteri ESDM dan kepala SKK Migas,lantas kandas lah Kernel Oil berbisnis minay mentah di indonesia karena terburu OTT oleh KPK, kepa SKK Migas. seperti kita ketahui semuanya.

Artha Merish Simbolon Direktur PT Surya Parna Niaga ikut dicegah KPK terkait kasus suap Rudi Rubiandini. Banyak yang mengaitkan Artha dengan politisi PDIP Effendi Simbolon yang juga Wakil Ketua Komisi VII bidang Energi. namun sampai kini Artha Merish belum juga dipangil KPK, meski dia sudah di cekal dan apa hubungan Effendi Simbolon dengan Merish? Komisi Pemberantasan Korupsi memang sudah memanggil satu persatu orang yang dicegah bepergian ke luar negeri terkait kasus dugaan suap bekas Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Rudi Rubiandini. Misalnya KPK memanggil petinggi sebuah perusahaan perminyakan, PT Zerotech Nusantara, Febri Prasetyadi Soeparta. Nama Febri Prasetyadi Soeparta muncul saat KPK mengumumkan status cegah yang dikenakan padanya, 28 Agustus 2013. Pada saat itu, Febri dicegah berbarengan dengan pencegahan Sekretaris Jenderal Kementerian Energi Waryono Karno. KPK mencegah enam orang. Seluruhnya yaitu Iwan Ratman, Kepala Divisi Penunjang Operasi SKK Migas; Popi Ahmad Nafis, Kepala Divisi Komersialisasi Gas Bidang Pengendalian Komersil SKK Migas; Agoes Sapto Rahardjo, Kepala Divisi Komersialisasi Minyak dan Kondesat Bidang Pengendalian Komersial SKK Migas. Hingga saat ini masih ada orang yang sudah dicegah, tapi belum juga dipanggil untuk diperiksa yaitu Artha Meris Simbolon, Presiden Direktur PT Parna Raya Grup. Kasus suap SKK Migas sudah menjerat tiga orang menjadi tersangka. Ketiganya adalah bekas Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini, petinggi Kernel Oil Pte Ltd Indonesia Simon Gunawan, dan pelatih golf Deviardi (Ardi). Kasus ini bermula dari operasi tangkap tangan KPK pada Selasa, 13 Agustus 2013. Hasil operasi ini bahkan menjadi hasil terbesar sepanjang sejarah KPK. Hasil tangkapan adalah uang US$ 400 ribu, US$ 90 ribu, dan Sin$ 127 ribu, sekaligus sebuah sepeda motor mewah bermerek BMW hitam berpelat nomor B-3946-FT. Diduga, uang itu digunakan untuk “menanam jasa” trading atau tender di bidang migas yang belum berlangsung supaya Kernel menang tender tersebut. Anggota DPR dari PDIP membantah bahwa keterlibatannya dengan Merish “Saya kenal. Saya nggak tahu kenapa dia dicegah KPK. Lihat nanti perkembangan di KPK seperti apa,” kata Effendi waktu itu di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Effendi menegaskan, walau sesama Simbolon dirinya tak ada hubungan kakak adik dengan Artha. “Dibilang dekat bukan kakak adik langsung,” imbuhnya. aendra medita Rhenoz

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

17


Hukum

Foto: istimewa

Kasus Hambalang

Anas Dibidik, Kenapa KPK Geledah Athiyyah Laila? Pada 10 Oktober lalu adalah ulang tahun ke-14 pernikahan mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, dengan Athiyyah Laila. Mereka menikah di Yogyakarta pada tahun 1999. Keduanya saling mengenal karena dipertemukan oleh teman-teman keduanya di Himpunan Mahasiswa Islam Yogyakarta.

18

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

A

nas dan Tia, begitulah Athiyyah Laila biasa disapa, tidak pernah berpacaran. Setelah perkenalan pertama kali, keduanya hanya dua kali bertemu lagi dan bicara lewat telepon empat kali. Setelah itu, Anas melamar. Empat bulan setelah perkenalan pertama, keduanya pun menikah. Tia adalah putri dari KH Attabik Ali, pemilik Pondok Pesantren Krapyak, Yogyakarta. Kakeknya KH Ali bin Maksum bin Ahmad, ulama terkemuka dari Lasem, Jawa Tengah. KH Ali bin Maksum bin Ahmad memiliki garis keturunan dari keluarga ulama Sayyid Abdurrahman alias Pangeran Kusumo bin Pangeran Ngalogo alias Pangeran Muhammad Syihabudin Sambu Digdadiningrat alias Mbah Sambu. Banyak ulama besar di Jawa pernah menjadi murid Mbah Sambu, termasuk mantan Presiden Abdurrahman Wahid. Juga KH Cholil Bisri dan KH Mustofa Bisri alias Gus Mus. Tia adalah alumni program diploma 3 Manajemen Pemasaran Universitas Gadjah Mada,


Hukum

“Itu pun hanya dipinjam KTP-nya, dipinjam namanya. Tapi, Athiyah Laila mengundurkan diri ketika suaminya, Anas Urbaningrum, maju sebagai calon anggota legislatif. Dia mundur dari PT Dutasari Citralaras awal tahun 2009. Surat pengunduran Athiyah resmi dan disahkan notaris.

Yogya. Masuk pada tahun 1994,Tia lulus pada tahun 1998. Setelah menikah dengan Anas, Tia lebih memilih menjadi ibu rumah tangga. Dia pun mengurus anak-anaknya sendiri tanpa pembantu. Namanya tercantum sebagai komisaris PT Dutasari Citralaras, subkontraktor PT Adhi Karya dalam proyek Hambalang, karena diminta oleh saudaranya, Machfud Soeroso, pemilik PT Dutasari Citralaras, pada tahun 2008. “Itu pun hanya dipinjam KTP-nya, dipinjam namanya. Tapi, Athiyah Laila mengundurkan diri ketika suaminya, Anas Urbaningrum, maju sebagai calon anggota legislatif. Dia mundur dari PT Dutasari Citralaras awal tahun 2009. Surat pengunduran Athiyah resmi dan disahkan notaris,” tutur sumber ASATUNEWS. Proyek Hambalang sendiri sudah dirancang jauh-jauh hari, tahun 2004, di masa Menteri Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault, dengan nilai proyek yang diajukan awalnya hanya Rp 125 miliar. Namun, kemudian, rencana itu tak kunjung dieksekusi karena masih ada beberapa masalah, terutama soal status tanahnya. Ketika Kementerian Pemuda dan Olahraga dipegang oleh Andi Mallarangeng, rencana proyek ini pun kembali diteruskan. “Sertifikat tanah ini milik Probosutedjo dan ternyata bermasalah. Nazaruddin lalu menyanggupi untuk mengurus sertifikatnya. Nazar pun mengutus Mindo Rosalina Manulang. Rosa menghubungi staf Kepala Badan Pertanahan Nasional, Joyo Winoto. Setelah itu keluarlah rekomendasi sertifikat Hambalang. Padahal, bisa ditanyakan ke Probosutedjo yang sekarang masih hidup, dia tidak pernah menandatangani persetujuan penjualan tanah Hambalang itu,” ujar sumber kami. Sempat diberitakan, anggota DPR dari Partai Demokrat, Ignatius Mulyono, adalah orang yang memegang sertifikat Hambalang. “Padahal, dia hanya menerima surat pemberitahuan bahwa sertifikat Hambalang telah selesai. Yang mengambil sertifikat itu dari BPN adalah Mindo Rosalina Manulang, yang kemudian membawanya ke Wafid Muharam, Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga. Nah, dari Wafid, sertifikat itu diberikan ke Andi Mallarangeng. Proyek Hambalang kemudian dirancang Muhammad Arif Taufiqurrahman dari PT Adhi Karya dan Muhammad Arifin dari PT Metafora Solusi Global, yang semuanya bermuara ke Choel Mallarangeng. Itu sebabnya, orang Choel, Lisa Lukitawati, dijadikan staf ahli oleh Wafid, diberi SK tersendiri, untuk menggarap proyek Hambalang,”

tutur sumber kami, yang mengatakan nama Kapolri Jenderal Sutarman juga ada dalam kasus Hambalang ini, dalam kapasitasnya semasa menjadi Kapolda Metro Jaya. Proyek Hambalang pun akhirnya direalisasi pada tahun 2010, dengan nilai proyek melambung menjadi Rp 2,5 triliun. Tentu saja, pada masa ini, Athiyyah Laila sudah lama mengundurkan diri sebagai komisari PT Dutasari Citralaras. Itu sebabnya, pemilik PT Dutasari Citralaras, Machfud Soeroso, menyatakan dengan tegas bahwa pasangan Athiyyah-Anas sama sekali tidak terlibat dalam kasus Hambalang. "Saya klarifikasi di sini, semua tidak benar. Saya orang muslim. Anas dan Athiyyah itu tidak mengerti soal proyek," ungkap Machfud. Malah kemudian Choel Mallarangeng, adik Andi Mallarangeng, yang mengaku menerima uang Rp 7 miliar dari perusahaan yang terlibat dalam proyek Hambalang, tapi kemudian diralat menjadi Rp 2 miliar dan Choel sampai kini belum juga ditahan KPK. Machfud Suroso mengatakan proyek mechanical electrical yang dikerjakan oleh perusahaannya hanya mendapat untung sedikit. Itu sebabnya PT Adhi Karya melimpahkan proyek itu ke pihak lain, yang kemudian jatuh ke perusahaan Mahfud. “Kalau banyak untungnya, akan dikerjakan sendiri oleh kontraktor utama," ungkap Mahfud. KPK, seperti diungkapkan Johan Budi, Rabu (6/11), telah menetapkan Machfud Suroso sebagai tersangka karena Machfud disangka menggelembungkan nilai kontrak proyek sebagai salah satu sub-kontraktor dari PT Adhi Karya. Pertanyaannya, bagaimana bisa Machfud Suroso sebagai pihak ketiga dalam proyek Hambalang menggelembungkan nilai proyek, padahal proyeknya sendiri diorder oleh PT Adhi Karya? Di mana pula peran Athiyyah Laila dalam kasus Hambalang yang mulai dikerjakan tahun 2010, mengingat Athiyyah Laila sudah tidak menjadi komisaris PT Dutasari Citralaras sejak tahun 2009? Lalu kenapa KPK membidik Anas Urbaningrum tapi tiba-tiba mengeledah Athiyyah Laila dan juga menyita uang 1 miliar yang menurut Tri dianto itu adlaah uang dia sebesar 500 juta dan sisanya adlah uang Kas Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI)? ASN

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

19


LiputanKhusus

Foto: istimewa

Kasus Hambalang

Samad, Nazaruddin, Johan Budi, Bupati Bogor & Arief Gundul Orang SBY Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pernah menyerahkan jumlah total kerugian negara dari projek Hambalang sebesar Rp463, 66 miliar. Kemana saja aliran itu mengalir?

20

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

D

ari aliran uang korupsi Hambalang dimana aliran itu yang diduga disebarkan oleh dari mantan Sesmenpora Wafid Muharam ini harus dan patut dipertanyakan. ASATUNEWS dalam LIPUTAN KHUSUS ini akan mengangkat soal siapa saja yang terima suap atas mega proyek yang ambruk ditengah Jalan ini. Baiklah kita mulai dari Hasil Laporan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang akhirnya menyerahkan jumlah total kerugian negara di Projek Hambalang senilai Rp463, 66 miliar.


LiputanKhusus

"Itu adalah total lost, setelah BPK koordinasi dengan penyidik KPK selesai kami buat perhitungannya. Saat koordinasi selesai, langsung kita sampaikan perhitungannya, dan kita berikan hari ini. Jadi indikasinya hilang kerugian negara jumlah itu. Dan laporan ini mudah-mudahan bisa dimanfaatkan oleh KPK,"ujar ketua BPK, Hadi Purnomo kepada wartawan di gedung KPK, Jakarta, Rabu, (4/9) lalu. Jelas kerugian sangat nyata, dalam proyek Hambalang ini. Dan Hadi menegaskan bahwa hal-hal yang menyangkut unsur pidana pada perhitungan kerugian negara haruslah berdasarkan koordinasi apik dan harus selesai. Hadi pun menegaskan bahwa proses perhitungan kerugian negara bersifat murni alias bersih dari intervensi pihak manapun. "Laporan selesai semuanya. Tidak ada intervensi, semua laporan ada, tidak ada yang hilang. Tapi tidak bisa saya jelaskan secara substantif karena undang-undang melarang," tegasnya. Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Hambalang Tahap II secara resminya telah disampaikan Badan Pemeriksa Keuangan kepada DPR RI, pada Jumat (23/8/2013) lalu. Namun faktanya laporan tersebut memiliki dua versi yang sangat bertolak belakang. Satu versi menyebut sejumlah inisial anggota DPR serta ikut menyeret Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, sementara versi lainnya tak ada menyebut keduanya. Lucunya kalau meneyebut nama Presiden adalah bisa kita lihat di sebuah pengakuan

pemeriksaan Lisa dimana ada dialog antara Lisa dengan Arif Gundul dan Widodo, yang mengaku sepupu SBY. Dalam tulisan yang kami dapatkan dari sumber yang terpercaya disebutkan, "Ibu tak usah kuatir saya orang RI -1," pengakuan Arif Gundul yang disampikan Lisa Lukiwati saksi yang juga staf ahli Wafid Muharam. Masalah terkait adanya dua versi dari hasil audit Hambalang dalam tahap II baru diketahui ketika Komisi X DPR RI mengadakan rapat tertutup yang disudahi dengan jumpa pers, pada Selasa (27/8/2013). Hasilnya? Agus Hermanto, selaku ketua Komisi X DPR mengakui adanya laporan audit BPK tersebut yang tidak menyebutkan beberapa nama inisial anggota Komisi X DPR mengenai kasus Hambalang. Tapi Agus juga mengungkapkan, "Dalam laporan resmi LHP BPK, tidak pernah menyebutkan keterlibatan 15 anggota Komisi X DPR RI sebagaimana dimuat di pemberitaan media cetak dan elektronik," bantahnya. Lantas siapa Nama baru yang akan tersangkut? Mahfud Suroso sudah ditahan, Jumat lalu petinggi PT Adhi Karya Teuky Bagus sudah ditahan, sebelumnya Mantan Menteri Pemuda dan Olah Raga Andi Alfian Malarangeng sudah mendekam juga dan kini di sedang stress di dalam tahanan KPK dan hanay bisa bernyanyi-nayanyi sendiri tak jelas. "Dia sering nyanyi sendiri, tak jelas, mungkin stress,"kata sumber kami.

ilustrasi: ellyas/asatunews

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

21


LiputanKhusus

Foto: istimewa

Hadi Purnomo Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)

Itu adalah total lost, setelah BPK koordinasi dengan penyidik KPK selesai kami buat perhitungannya. Saat koordinasi selesai, langsung kita sampaikan perhitungannya, dan kita berikan hari ini. Jadi indikasinya hilang kerugian negara jumlah itu. Dan laporan ini mudahmudahan bisa dimanfaatkan oleh KPK.

Baiklah sekarang kita runut kronologis atas kasus Hambalang ini. Saat terkait beredarnya LHP BPK yang beredar di kalangan wartawan, Agus Hermanto kembali menegaskan pihaknya yang tak ingin mendebatkan asli dan tidaknya. "Kita tidak memperdebatkan asli dan tidak, revisi atau tidak, tapi kita berpatok dari laporan pimpinan DPR yang diterima 23 Agustus lalu." kata Agus. Sementara itu Wakil Ketua DPR RI, Priyo Budi Santoso. Priyo menilai yang baru membaca LHP BPK hari Selasa (27/8) malam, dia tak mendapat 15 inisial nama anggota DPR.

22

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

Priyo mengungkapkan, "Pijakan kami dokumen resmi dari BPK." kata Priyo berkeyakinan bahwa dokumen yang diserahkan BPK ke DPR sama halnya ke KPK, waktu itu. Ali Masykur Musa, selaku anggota BPK RI pun meyakini LHP Hambalang pada tahap II yang resmi dari BPK yaitu yang diserahkan kepada BPK dan KPK. "Saya tidak tahu 15 nama itu dari mana." Ujar Ali Rabu (28/08/13). Ali juga sampaikan bahwa pihaknya siap memberikan klarifikasi kepada DPR dan BPK tentang beredarnya dua versi yang berbeda dari LHP BPK. Pada Juli 2013 dalam Audit Hambalang yang beredar di kalangan wartawan yang tidak diteken J Widodo H Mumpuni tersebut 15 nama anggota DPR yang disinyalir telah memuluskan anggaran Rp 2,5 triliun guna proyek itu. Ke-15 anggota DPR itu merupakan MNS, RCA, HA, AHN, APPS, WK, KM, JA, UA, AZ, EHP, MY, MHD, HLS, dan MI. Tertanggal 23 Agustus 2013, di audit LHP BPK yang diteken dan cap stempel BPK RI itu sudah tak ada lagi inisial 15 nama anggota Komisi X DPR RI yang sebelumnya disebutkan. Sama halnya dalam audit BPK versi Juli 2013, pada halaman 42 yang menyebut terkait kekurangannya alokasi anggaran pendidikan di tahun 2009 yang kurangnya sebesar 20 persen dan dinilai membahayakan posisi presiden yang miliki kemungkinan disomasi. Audit Hambalang versi Juli 2013, menulis bahwa, "Untuk memenuhi 20 persen anggaran pendidikan tersebut maka diambil dari dana yang bersumber dari rekening BA 99 yang kemudian dana tersebut dialihkan jadi belanja modal di bidang pendidikan." Nama-nama yang disebut itu kini rajin membantahnya. Dan sejumlah bantahan akan berlapis bantahan kemudian. Lantas siapa nama baru atas kasus Hambalang berikutnya. Pada kontroversi Audit Hambalang itu menjadikan semua bertanya mana yang benar dan mana yang bisa dipercaya. Publik selayaknya tahu soal ini. Dalam kaitan ini ASATUNEWS menemukan dugaan banyak dari data yang diperoleh misalnya, sejumlah nama disebut sudah, namun ada yang subtansial siapa yang saja yang berperan pun ikut terlibat. Mantan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) JW diduga juga terlibat atas kebijakannya dan mendapat setoran dana. Mantan ka BPN ini mendapat dana Hambalang melalui orang yang diduga berinisail M dan dari M juga ada infomasi salah satu Lembaga Swadaya Masyakat (LSM) diduga juga mendapat aliran Hambalang padahal LSM ini paling kencang berteriak anti Korupsi yang ketua LSMnya berinisial UK diduga terima aliran dana sebesar Rp. 500 juta itu smeua uang korupsi Hambalang yang disetor melalui M. UK juga adalah yang cukup banyak setoran dimana dikabarkan dugaan bahwa UK terima Rp 100 juta per bulan dari Arman Yahya Ketua Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI), karena setoran ini maka ancaman buka kecurangan di regulated cargo agent mulai redup lagi. Kembali ke Hambalang siapa M sebernarnya? M adalah Marwan ini juga sangat kuat diduga bertindak sebagai penyimpan dan pencuci uang Rachmat Yasin dan Joyo Winoto. Dimana dalam kasus Hambalang ini Joyo terima 10 Milair dan Rachmat terima 15 Miliar dana yang sangat


LiputanKhusus

Foto: ANT

BUPATI BOGOR DIPERIKSA: Bupati Bogor Rachmat Yasin diperiksa sebagai saksi terkait Penyidikan kasus dugaan korupsi proyek Hambalang.

fantastis. Marwan adalah kaki tangan Joyo yang mengatur aliran duit dari Wafid ke Joyo. Saat dikonfirmasi, Marwan tidak bersedia berkomentar perihal keterlibatannya dalam mega skandal Hambalang tersebut. Ia mengatakan "Wah coba ente tanya ke Oemar," katanya melalui pesan singkat, Kamis, (12/9). Siapa Omar sampai kini masih misterius. Dalam beberapa transaksi penting terkait Hambalang melibatkan nama Marwan ini. KPK sempat meperiksa Rachmat Yasin, April lalu. Ia diperiksa KPK soal ijin. "Saya dipanggil masalah Hambalang," kata Yasin saat itu di gedung KPK. Namun sayangnya Rachmat yang diduga terlibat korupsi pada proyek Hambalang sepertinya masih belum kesentuh KPK. Dari sumber yang didapat bahwa Rachmat sudah pernah mengundang salah satu petinggi KPK ke pendopo Bupati Bogor, dalam sebuah acara yang dihadiri sejumlah media dan LSM, petinggi KPK itu sempat menghilang lalu muncul lagi diacara itu. Apakah ada deal atau tidak dalam pertemuan RY dengan yang diduga pejabat KPK? Hanya keduanya yang tahu? Karena, menyangkut Rachmat Yasin, laporan hasil audit investigasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) soal Hambalang, Bupati Bogor itu diduga ikut melakukan pelanggaran undang-undang. BPK menyebut Bupati Bogor menandatangani site plan, meskipun Kementerian Pemuda dan Olahraga belum atau tidak melakukan studi analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) terhadap

proyek Hambalang. Dengan begitu, Rachmat Yasin diduga melanggar Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup serta Peraturan Bupati Bogor Nomor 30 Tahun 2009 tentang Pedoman Pengesahan Master Plan, Site Plan, dan Peta Situasi. Selain itu, Kepala Badan Perizinan Terpadu Kabupaten Bogor menerbitkan Izin Mendirikan Bangunan, meskipun Kementerian Pemuda dan Olahraga belum melakukan studi amdal terhadap proyek Hambalang. Dengan begitu, penerbitan itu diduga melanggar Perda Kabupaten Bogor Nomor 12 Tahun 2009 tentang Bangunan Gedung. Lalu, kalau benar ada pertemuan Johan Budi dengan Rachmat Yasin (yang sampai kini belum dijadikan tersangka), lalu untuk apa pertemuan antara Johan Budi dan Rachmat Yasin? Siapa Arif Gundul? Sementara itu, Lisa Lukitawati yang tahu perihal penandatanganan mantan Sesmenpora Wafid Muharam yang menyetujuinya sebagai tim asistensi Hambalang mengetahui semua tentang Hambalang karena mendapatkan SK tersendiri dari mantan Sesmenpora, Wafid Muharam, untuk menggarap proyek Hambalang. Lisa bersama dua pihak swasta lain, yakni Direktur PT Ciriajasa Cipta Mandiri, Aman Santoso dan Direktur PT Yodha Karya, Yudi Wahyono, dicekal pihak imigrasi. Dari sumber kami Lisa juga sempat mengatakan bahwa ada sejumlah nama yang disebut yaitu Widodo dan Arif Gunawan alis Arif Gundul, Widodo menurut pengakuan Lisa adalah sepupu Presiden SBY, sedang Arif Gundul berwajah tionghoa, berkepala gundul. Arif Gundul tidak berkumis, ia tinggi sekitar 172 cm. Pertemuan Lisa dan Arif Gundul itu disinyalir membicarakan soal peralatan yang akan digunakan di Hambalang yang akan didatangkan dari negara Jerman. Pertemuan Arif Gundul dan Widodo dan Lisa berlangsung di Pondok Indah semua rumah elit yang merupakan rumah Lisa. Dimana disana terjadi penyerahan uang dari Saya dan diserahkan ke Arif Gundul, uang itu Lisa dapatkan dari Muhamad Arifin Arsitek dari PT Metaphora Solusi Global, dimana penyerahan itu atas intruksi Wafid Muharan dan harus diserahkan ke Arif Gundul. Belakangan diketahui uang itu berisi uang Rp 5 Miliar. Wafid juga dalam pertemuan lanjutan pernah mengatakan kepada Lisa bahwa Arif Gundul adalah orang Cikeas yang akan membantu Kemenpora RI di Hambalang, mendapngi Paul Nelwan. Bahkan Arif Gundulnya juga pernah berseloroh, “Mbak Lisa tidak perlu takut, saya bukan orang Partai, saya adalah orangnya Bapak RI-1,� ujar Arif Gundul. Lalu tak terdengar lagi nama Arief Gundul, menurut Lisa saya baru dengar lagi dari Pak Deddy Kusdinar lewat SMS bahwa Arif Gundul telah meninggal. Saya tidak tahu apakakah informasi itu benar atau tidak,�kata Lisa. Lalu siapa Arif Gundul itu, setelah Ayin yang mengaku dekat dengan SBY, Bunda Putri, Sengmen? TIM ASATUNEWS

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

23


Hukum

Foto: istimewa

MK Rusuh Robohnya Kontitusi Kita K Entah apa yang lucu, hakim konstitusi Patrialis Akbar tertawa ketika diminta tanggapannya soal diobrak-abriknya ruang pengadilan Mahkamah Konstitusi pada Kamis sore (14/11). Patrialis menjadi salah satu tamu dalam sebuah acara di sebuah stasiun televisi swasta, yang disiarkan Kamis malam, sekitar pukul 20.40 WIB.

24

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

etika Patrialis mengisahkan peristiwa yang mencoreng nama Indonesia sebagai negara hukum itu, seperti diminta oleh pembawa acara, di layar juga diputar rekaman peristiwa tersebut. Sikap yang memalukan bukan hanya diperlihatkan oleh Patrialis Akbar. Sebelumnya, ketika ruang pengadilan Mahkamah Konstitusi dikacau-balaukan oleh sejumlah orang terkait sengketa pemilihan Kepala Daerah Maluku Utara itu, petugas Kepolisian Republik Indonesia yang ada di sana hanya menonton saja. Padahal, jelas-jelas, segerombolan orang itu melakukan penghinaan terhadap pengadilan dengan caracara brutal, bahkan ada yang berdiri di atas meja dan merobohkan podium. Inilah Peristiwa Kamis


Hukum Foto: istimewa

Hitam yang mencoreng nama Indonesia sebagai negara hukum, bukan sekadar melecehkan wibawa Mahkamah Konstitusi. Belakangan, memang, diinformasikan, lima orang dari mereka telah diamankan oleh polisi. Tapi, ruang pengadilan Mahkamah Konstitusi sudah amburadul, salah satu simbol sakral dari negara hukum telah dihina habis-habisan di depan publik dan disiarkan berulang-ulang oleh banyak stasiun televisi. Tampaknya, Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Sutarman dan Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva harus membuat program penyuluhan hukum buat anggota kepolisian dan hakim konstitusi, agar mereka paham apa saja yang harus dijaga mati-matian, disikapi secara serius, untuk mempertahankan panji-panji negara hukum. Ironis memang, tapi apa boleh buat, langkah itulah yang tampaknya harus dilakukan. Sementara itu Wakil Forum Korban Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Berdaulat, Azhar Rahim Rivai menuding internal MK sebagai pemicu terjadinya kisruh sidang putusan Pilkada Maluku di MK beberapa waktu lalu. Menurut dia, saat sidang putusan itu, sebetulnya pendukung pasangan salah satu calon tidak ingin membuat kisruh. "Kita tidak ada keinginan untuk rusuh. Karena sudah menduga akan ada letupan besar. Bukan masyarakat saja yang menggerogoti, tetapi (hakim) MK sendiri yang membuat kondisi buruk," katanya. Menurut dia, MK tidak menjalankan mekanismenya dalam sidang tersebut dengan membuat putusan yang baik, padahal saat ini lembaga lain tengah berjuang untuk mengembalikan wibawa MK. Terlihat dari berbagai hal, salah satunya dalam hal pengawasan. "MK ingin diawasi tapi oleh dirinya sendiri tidak pihak lain," tukasnya. Seperti diketahui, dalam sidang putusan sengketa Pilkada Maluku terjadi kerusuhan diruang sidang. Saat itu, sejumlah pendukung pasangan salahsatu calon tidak terima dengan hasil putusan sehingga melakukan aksi pengrusakan Saat ini Polisi masih memburu para pelaku lain terkait kerusuhan di ruang sidang Mahkamah Konstitusi (MK) beberapa waktu lalu. Setelah tiga orang ditetapkan menjadi tersangka, diduga masih ada lima pelaku lainnya yang ikut merusak sejumlah peralatan di ruang sidang tersebut. "Jadi tinggal lima lagi yang dikejar," ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto kepada wartawan, Sabtu (16/11/2013). Rikwanto mengimbau para pelaku lain segera menyerahkan diri. Saat ini, pihak kepolisian masih memeriksa tiga tersangka yang telah diamankan. Sebagaimana diketahui, polisi telah menetapkan dua tersangka yakni Kisman Sangaji alias KS dan Maula Tuheteru alias MT. Sedangkan seorang pelaku lain berinisial AS menyerahkan diri ke Subdit Keamanan Negara (Kamneg) Polda Metro Jaya pada dini hari tadi. Lantas apakah MK akan dirusak oleh yang tidak sadar hukum atau malah paska Akil ditangkap KPK dan MK akan semakin redup. Dimana wibawa hukum kita dan inilah potret robohnya kontitusi hukum kita? AM/DJE

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

25


EKONOMI

Foto: istimewa

Minus Malum Pengganti Karen? Ada empat nama calon Dirut Pertamina yang beredar. Ada yang mengatakan, semuanya tidak ada yang memenuhi kriteria. 26

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013


EKONOMI

S

UDAH sejak berbulan-bulan lalu beredar kabar bahwa adan empat nama calon pengganti Direktur Utama PT Pertamina, Karen Agustiawan. Disebutkan pula, keempat nama itu sudah masuk ke tim penilai akhir (TPA). TPA ini diketuai Wakil Presiden Boediono. Siapa empat orang yang namanya beredar dari mulut ke telinga itu? Mereka adalah Emirsyah Satar (Dirut PT Garuda Indonesia Tbk), Hanung Budya Yuktyanta (Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina), Irnanda Laksanawan (mantan Komisaris Pertamina), dan Henky Triharyo Susilo (mantan Wakil Komisaris Utama Pertamina). Tentu saja, kerena belum ada pengumuman resmi, semua itu masih bisa dianggap kabar burung. Namun, tak ada salahnya juga kita meneropong mana dari keempat itu yang mungkin paling layak menempati posisi orang nomor satu di Pertamina. Emirsyah Satar adalah profesional dengan latar belakang pasar modal. Dari catatan yang ada, dia dinilai berhasil memimpin Garuda indonesia. Namun, kalai diteropong lebih jauh, dengan ukuran kinerja, sebenarnya hanya pelayanan Garuda yang berubah secara meyakinkan menjadi lebih baik. Garuda sekarang menjadi airlines nomor delapan terbaik di dunia. “Namun, dari sisi keuangan, kinerja Garuda tergolong biasa saja. Garuda terlihat bagus karena utang-utangnya dipisahkan dari laporan keuangan tahunannya,� tutur sumber ASATUNEWS. Hanung Budya Yuktyanta adalah pegawai karir Pertamina. Dia lebih banyak menghabiskan karirnya di bidang pemasaran. Dia pernah menjadi Dirut PT Pertamina Badak, Bontang. Selentingan terdengar, Hanung adalah orang kepercayaan M Riza Chalid, yang dijuluki oleh kalangan internasional sebagai Godfather Gasoline Indonesia. Riza Chalid ini kerap dituding oleh berbagai pihak sebagai orang yang berperan banyak di balik kartel BBM impor. Hanung dan Riza Chalid juga terlibat kasus korupsi minyak zatapi, yang sampai sekarag kasusnya dipetieskan tanpa diketahui sebabnya. Hanung adalah mantan Direktur Utama Pertamina Energy Limited (Petral), anak perusahaan Pertamina yang seakan telah menjelma menjadi satang penyamun, yang keranjingan memakan uang negara. Irnanda Laksanawan adalah mantan Deputi Industri Strategis Menteri BUMN. Dia dikenal luwes dan jago lobbi dan dekat sama semua elite politk lintas partai. Tapi, kabarnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak menyukai Irnanda karena dianggap tidak loyal. Beberapa pengamat menyatakan, awalnya, Irnanda digadang-gadang untuk menggantikan Karen, karena

pernah dekat dengan petinggi-petinggi Partai Demokrat. Tapi, belakangan, entah kenapa, Irnanda tidak disukai dan malah digeser dari posisi sebagai Deputi Menteri BUMN. Irnanda sekarang menjadi staf ahli Sumber Daya Manusia dan Teknologi Kementerian BUMN. Yang terakhir, Triharyo Susilo, yang biasa disapa Henki. Dia mantan Wakil Komisaris Utama Pertamina, sehingga kemungkinam besar mengetahui seluk-beluk di Pertamina. Henki juga pernah menjadi Direktur Utama PT Rekayasa Industri. Selain pengalaman di lapangan teknik dan pertambangan, Triharyo juga mampu mengungkapkan kecendekiaan dan analisisnya lewat tulisan yang mudah dipahami oleh orang awam. Juga tidak pelit berbagi ilmu dan informasi. Sumber kami yang lain lagi mengatakan, sebenarnya keempat nama yang beredar itu tak ada yang memenuhi kriteria sebagai Direktur Utama Pertamina. “Empat orang sama jeleknya. Jadi, kalau ada salah seorang dari mereka yang terpilih, itu artinya pilihannya adalah pilihan minus malum, pilihan yang derajat kejelekannya secuil lebih rendah daripada calon yang lain,� katanya. Purwadi

Karen Agustiawan

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

27


Kriminal

Tawuran antar pelajar, selain menjadi kerusuhan yang dapat menghilangkan nyawa orang lain, sudah juga menjadi tindakan kriminal.

Tawuran dari Gaya Lama Sampai Gaya Baru A

hmad (17), siswa kelas Satu SMK di Jakarta Timur sekitar tahun 1978 lalu lagi nongkrong di sekitar Hek Kramat Jati, Jakarta Timur, tiba-tiba ada segerombolan siswa sebayanya menghampirinya, langsung menancapkan celuiritnya, hingga Ahmad dalam beberapa menit kemudian tewas kehabisan darah. Ibu Mega (40tahun) yang ketika itu baru saja kehilangan suaminya , meninggal karena sakit tidak menyangka anak putra semata mayangnya yang sebebarnya pendiam ini tewas di tengah tawuran pelajar yang kadang berlangsung brutal dan tidak rasional.

Sampai kini Ibu Mega tidak pernah tahu dan mendengar kabar siapa pelaku pembunuh putranya itu, karena ia tidak pernah menghadiri sidang kasus pembunuhan itu. Kasus tawuran pelajar yang kerap mengorbankan nyawa sampai kini masih terus berlangsung, tanpa jeda, walaupun Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sudah silih berganti, namun kasus tewasnya Ahmad tidak pernah terungkap. Kini tawuran pelajar pun terus berlangsung , tanpa henti, belum lama ini tawuran pelajar di Sukabumi tewaskan empat orang. Akibat tawuran, tiga pelajar SMK Lodaya Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, ditetapkan sebagai tersangka terkait tewasnya empat siswa SMK Negeri Pertanian Cibadak dalam tawuran di Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Sukabumi, Sabtu pekan lalu. Polisi menjerat mereka dengan UndangUndang Nomor 23 Tahun 2002 terkait penganiayaan anak di bawah umur dengan ancaman hukuman penjara antara lima dan sembilan tahun.

Foto: istimewa

28

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013


Kriminal

Tiga pelajar yang ditetapkan sebagai tersangkat tersebut diketahui berinisial DH, AG, dan AN. DH menuturkan, ia dan rekan-rekannya menghadang puluhan pelajar SMK Negeri Pertanian di depan sekolah mereka. Lokasi antara sekolahnya dan SMK Pertanian hanya terpaut kurang dari satu kilometer. Lantaran saat itu jalan macet, truk yang mengangkut para siswa SMK Pertanian berhenti. Para penumpang pun berlarian untuk menghindari kejaran pelajar SMK Lodaya. Saat itulah banyak pelajar SMK Pertanian yang menceburkan diri ke Sungai Cimahi. Empat pelajar SMK Negeri Pertanian tewas setelah hanyut terbawa arus deras Sungai Cimahi. Mereka adalah Mohammad Rizki, Dimas, Indrianto, dan Randika Febriansyah.. Sementara dua siswa SMK Pertanian tertangkap, salah seorang di antaranya, Muhammad Nur Akbar, dibacok menggunakan pedang. Sementara itu, anggota Komisi IX DPR, Reni Marlinawati, kemarin berkunjung ke tahanan Mapolsek Cibadak. Ia meminta kepada petugas agar mengusut tuntas kasus tewasnya empat pelajar tersebut. Reni marlinawati juga meminta peran serta sekolah, dinas, orangtua, serta masyarakat, untuk bersama-sama mencarikan solusi terkait kenakalan pelajar ini. Tawuran pelajar di Sukabumi, Jawa Barat, kembali pecah dan menyebabkan seorang siswa SMK tewas akibat luka bacok disekujur tubuhnya setelah dianiaya oleh puluhan siswa SMK lainnya, Kamis (15/7) sekitar pukul 14.30 WIB. Informasi yang dihimpun ANTARA menyebutkan bahwa korban bernama Gozali (16), pelajar yang katanya masih duduk di kelas II sebuah SMK di Sukabumi. Aksi tawuran tersebut terjadi di areal pesawahan di Kampung Cikirai, Desa Sukamantri, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Warga yang melihat adanya aksi tawuran yang melibatkan puluhan pelajar tersebut dengan membawa senjata tajam mencoba mencegah. Namun, karena aksinya begitu cepat warga tidak bisa mencegah aksi brutal puluhan pelajar tersebut yang secara membabi buta menganiaya korban dengan menggunakan senjata tajam senejir celurit. Akhirnya, jasad korban yang penuh luka sabetan benda tajam tersebut dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) R Syamsudin SH untuk dilakukan visum. Hasil visum menunjukan korban tewas karena luka parah pada bagian kepala dan perut. Selain itu, tampak luka pada kaki dan paha korban. Salah seorang warga yang menjadi saksi mata, Dadin (60) mengatakan, pada saat kejadian dirinya sedang mencari rumput di areal pesawahan. Saat itu, terlihat korban dikejar-kejar oleh puluhan pelajar yang masih menggunakan baju seragam sekolah sambil mengacung-acungkan senjata tajam. "Saya melihat sebelum korban dibantai oleh pelajar lainnya, korban sempat mencoba melarikan diri, namun terjatuh dan akhirnya menjadi bulanbulanan pelajar yang beringas itu. Selain itu juga, korban sempat dipukuli pelajar lainnya sebelum

akhirnya meninggal di tempat," kata Dadin kepada ANTARA, Kamis. Ia menambahkan, bahwa dirinya tidak mengetahui asal-usul korban, dan dari mana asal pelajar yang telah membantai korban hingga tewas. "Saya hanya melihat korban sudah tergeletak bersimbah darah, dan pelajar lainnya kabur melarikan diri," tambahnya. Sementara itu, Kapolresta Sukabumi AKBP Anwar mengungkapkan, pihaknya masih melakukan pemanggilan saksi-saksi untuk mencari siapa pelaku yang telah membunuh korban. "Kami masih menyelediki kasus ini, dan masih mengejar pelaku pembunuhan sadis ini," ungkapnya. Pihaknya mengakui sudah mengetahui ciri-ciri fisik para tersangka yang telah melakukan aksi brutal tersebut. Namun, pihaknya belum mengetahui apakah pelaku merupakan pelajar atau bukan. Di tempat terpisah, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kesiswaan SMK Pasundan, M Yunus menjelaskan, bahwa pelajar yang tewas tersebut bukan merupakan siswanya. Walaupun pada saat ditemukan korban menggunakan baju seragam SMK nya. "Korban bukan merupakan siswa kami, dan tidak tercatat sebagai alumni," jelasnya. Namun, dari informasi yang dihimpun, korban merupakan lulusan SD dan berstatus sebagai pengangguran yang sering menggunakan pakaian seragam SMK. Tawuran antar pelajar selalu menjadi agenda perbincangan setiap tahunnya, masalah ini bukan perkara baru, dan jangan dianggap perkara yang remeh. Padahal kalau kita kaji masalah tawuran antar pelajar akan membawa dampak panjang, bukan hanya bagi pelajar yang terlibat, namun juga untuk keluarga, sekolah serta lingkungan masyarakat di sekitarnya. Tawuran antara pelajar saat ini sudah menjadi masalah yang sangat mengganggu ketertiban dan keamanan lingkungan di sekitarnya. Saat ini, tawuran antar pelajar sekolah tidak hanya terjadi di lingkungan atau sekitar sekolah saja, namun terjadi di jalan-jalan umum, tak jarang terjadi pengrusakan fasilitas publik. Penyimpangan pelajar ini menyebabkan pihak sekolah, guru dan masyarakat yang melihat pasti dibuat bingung dan takut bagaimana untuk mererainya, sampai akhirnya melibatkan pihak kepolisian. Hal ini tampak beralasan karena senjata yang biasa dibawa oleh pelajar-pelajar yang dipakai pada saat tawuran bukan senjata biasa. Bukan lagi mengandalkan keterampilan tangan, tinju satu lawan satu. Sekarang, tawuran sudah menggunakan alat bantu, seperti benda yang ada di sekeliling (batu dan kayu) mereka juga memakai senjata tajam layaknya film action di layar lebar dengan senjata yang bisa merenggut nyawa seseorang. Contohnya, samurai, besi bergerigi yang sengaja dipasang di sabuk, pisau, besi. Penyimpangan seperti tawuran antar pelajar, menjadi kerusuhan yang dapat menghilangkan nyawa seseorang tidak bisa disebut sebagai kenakalan remaja, namun sudah menjadi tindakan kriminal. Yang menjadi pertanyaan, adalah bagaimana bisa seorang pelajar tega melakukan tindakan yang ekstrem sampai menyebabkan hilangnya nyawa

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

29


Kriminal

pelajar lain hanya karena masalah-masalah kecil? Tawuran antar pelajar bisa terjadi antar pelajar sesama satu sekolah, ini biasanya dipicu permasalahan kelompok, cenderung akibat pola berkelompok yang menyebabkan pengkelompokkan berdasarkan hal-hal tertentu. Misalnya, kelompok anak-anak nakal, kelompok kutu buku, kelompok anak-anak kantin, pengkelompokan tersebut lebih akrab dengan sebutan Gank. Namun, ada juga tawuran antar pelajar yang terjadi antara dua kelompok beda sekolah. Contoh kasus dalam tawuran antar pelajar dapat disebabkan oleh banyak faktor, beberapa contoh di antaranya, yaitu: Tawuran antar pelajar bisa terjadi karena ketersinggungan salah satu kawan, yang di tanggapi dengan rasa setiakawan yang berlebihan. Permasalahan yang sudah mengakar dalam artian ada sejarah yang menyebabkan pelajarpelajar dua sekolah saling bermusuhan. Jiwa premanisme yang tumbuh dalam jiwa pelajar.Untuk mengkaji lebih jauh permasalahan tawuran antar pelajar, kita bisa mengkaji terlebih dahulu mengenai penyebab tawuran antar pelajar dari tiga poin diatas. Foto: istimewa

30

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

Tawuran Antar Pelajar Akibat Rasa Setia Kawan yang Berlebihan Rasa setia kawan atau lebih dikenal dengan sebutan rasa solidartas adalah hal yang lumrah atau biasa kita temukan dalam kehidupan, misalkan dalam persahabatan rasa setiakawan akan menjadi alasan mengapa persahabatan bisa menjadi kuat. Ia bisa menjadi indah ketika ditempatkan dalam porsi yang pas dan seimbang. Namun, rasa setia kawan yang berlebihan akan menyebabkan hal yang buruk, salah satunya adalah mengakibatkan tawuran antar pelajar. Mungkin dari kita pernah mendengar tawuran antar pelajar yang dipicu karena ketersingguhan seorang siswa yang tersenggol oleh pelajar sekolah lain saat berpapasan di terminal, atau masalah kompleks lainnya. Misalkan, permasalahan pribadi, rebutan perempuan, dipalak dan lain sebagainya. Pemahaman arti sebuah persahabatan memang perlu dipahami oleh masing-masing individu pelajar itu sendiri. Tawuran antar pelajar yang diakibatkan karena rasa setiakawan harus segera dihentikan, karena hal ini akan memicu kawan-kawan yang lain untuk mendapatkan hak atau perlakuan yang sama pada waktu mengalami masalah.


Kriminal

Ini dapat menjadikan pelajar malas dalam menyelesaikan masalah dirinya sendiri, tanpa mau menyelesaikannya sendiri dan cenderung tidak berani bertanggung jawab. Menjadi ketergantungan dan akan menimbulkan dampak yang negatif bagi perkawanan itu sendiri. Tawuran antar pelajar akibat sejarah permusuhan dengan sekolah lain Kadang permasalahan tawuran antar pelajar dipicu pula dengan adanya sejarah permusuhan yang sudah ada dari generasi sebelumnya dengan sekolah lain, beredarnya cerita-cerita yang menyesatkan, bahkan memunculkan mitos berlebihan membuat generasi berikutnya, terpicu melakukan hal yang sama. Contohnya, sebut saja sekolah A dengan sekolah B adalah musuh abadi, dimana masingmasing sekolah akan melakukan hal yang antipati terhadap sekolah lain. Biasanya, akan ada pelajar yang menjadi perbincangan, semacam tokoh bagi sekolahnya, karena kehebatannya pada waktu berkelahi. Dalam permasalahan tawuran antar pelajar yang dipicu karena permasalahan ini, perlu adanya pendekatan khusus, yang memasukkan program kerja sama dengan sekolah tersebut. Peranan sekolah dan guru memegang peranan penting. Ironisnya, sebuah pertandingan persahabatan. Misalnya, olahraga. Kadang memicu sebuah permusuhan dan perkelahian. Hal ini akhirnya menuntut kecerdasan dan ketelitian pihak penyelenggara dalam mengemas sebuah acara. Tawuran Antar Pelajar Akibat Jiwa Premanisme Premanisme bukan istilah yang asing lagi. Premanisme yang berasal dari kata “preman� adalah sebutan orang yang cenderung memakai kekerasan fisik dalam menyelesaikan permasalahannya. Kemenangan di ukur karena kekuatan fisiknya bukan intelektualitas. Premanisme bertolak belakang dengan jiwa seorang pelajar, yang dituntut kecerdasan berpikir, kecerdasan mengelola emosi, dll. Jiwa premanisme dalam jiwa pelajar dapat dihilangkan karena dia tidak semerta merta muncul begitu saja, ia disebabkan oleh sesuatu hal. Oleh karenanya, kita perlu mengetahui faktor penyebab sikap premanisme dalam diri pelajar. Faktor di luar diri pelajar adalah faktor yang kental dapat mempengaruhi ke dalam. Beberapa contohnya adalah: Tayangan-tayangan di televisi, baik film ataupun liputan berita yang menceritakan atau sengaja mengekspose tema-tema kekerasan dapat mempengaruhi psikis remaja. Kekerasan yang terjadi di rumah. Kekerasan yang dimaksud bukan hanya individu pelajar saja yang menjadi korban kekerasan namun kekerasan yang terjadi pada satu anggota keluarganya, dapat mempengaruhi psikis individu. Hal ini yang akan menyebabkan trauma atau kekerasan beruntun yang diakibatkan karena menganggap kekerasan adalah hal yang wajar. Acara awal tahun, orientasi sekolah adalah acara di mana pelajar baru diwajibkan mengikuti kegiatan ini. Kegiatan yang pada dasarnya adalah untuk memahami dan mengenali sekolah, kegiatan serta untuk lebih kenal kawankawannya malah cenderung disalah gunakan

oleh senior untuk ajang balas dendam dari apa yang pernah ia terima pada waktu yang sama menjadi junior, pola-pola yang dipakai cenderung dengan pola militer. Hal inilah yang menyebabkan kekerasan dalam dunia pendidikan. Pola yang menjadi semacam suntikan yang terus diturunkan oleh setiap generasi. Agar terhindar dari pola yang berlebihan, diperlukan adanya pengawasan dari pihak sekolah dan turunnya langsung pengajar dalam kegiatan ini. Kedisiplinan berbeda dengan kekerasan, hal ini seharusnya menjadi tantangan setiap panitia kegiatan dalam mengemas ide, gagasan acara pada waktu perkenalan sekolah, menjadi sesuatu yang inofatif, kreatif sehingga diharapkan lambat laun sikap premanisme akibat perpeloncoan akan menjadi cara kuno dan tidak menarik lagi. Dari ketiga faktor penyebab tersebut, kita bisa mendapatkan bayangan atau solusi yang terbaik seperti apa dan bagaimana melakukan proses penyelesaiannya. Walaupun permasalahan tawuran antar pelajar memang bukan hal sepele yang bisa langsung diselesaikan, namun diperlukan adanya proses berkelanjutan, kesadaran dan kerja sama dengan semua pihak, bukan hanya sekolah, orangtua, masyarakat dan penegak hukum, tapi juga kesadaran pemahaman pelajar sebagai seorang individu, sebagai generasi muda yang penuh dengan tanggung jawab. Ada beberapa hal yang perlu digarisbawahi dari paparan di atas, yaitu: “Pemahaman� bagaimana seorang pelajar disaat sedang mengalami pencarian identitas, cenderung sangat mudah labil. Dan kelabilan inilah yang ahirnya tawuran antar pelajar terjadi.Ada beberapa cara yang efektif untuk mencegah sebelum tawuran antar pelajar terjadi, misalkan dengan: Membuat dan Memfasilitasi Ruang-ruang Kegiatan yang Positif. Memberikan kebebasan berpendapat dan berekspresi dan tetap adanya kontrol dari pihakpihak yang berkaitan khususnya orang-orang terdekat, mencoba lebih terbuka dan mengenali serta memberikan solusi yang positif ketika remaja sedang mengalami emosi. Sikap optimis dan kepercayaan terhadap pelajar perlu ditumbuhkan kembali, sehingga suatu saat kita tidak akan mendengar lagi berita atau kabar mengenai kejadian tawuran antar pelajar di negeri kita ini, yang ada kita bangsa Indonesia dipenuhi kabar berita tentang pelajarpelajar yang produktif, kritis, mampu menjadi juara dalam berbagai bidang, baik berupa kompetisi pengetahuan dan ilmu pengetahuan. Sudah saatnya generasi muda membuktikan potensi dalam dirinya, dan sudah menjadi tugas kewajiban orang tua, sekolah, masyarakat dan pihak-pihak yang terkait untuk mencegah terjadinya bentuk-bentuk penyelewengan pelajar, terutama permasalahan yang membuat was-was menjadi sebuah tindakan kriminal, tawuran antar pelajar. Inilah yang menjadi pekerjaan rumah kita semua. Muhammad Jusuf

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

31


Kriminal

Kriminal baru Bernama Air Keras Korbannya bukan saja anak berusia tujuh tahun tapi artis vokalis terkenal. Prosedur yang longgar dianggap penyebab modus ini meningkat.

S

ulit dibayangkan ketika tiba-tiba orang tidak dikenal menyiram air keras kepada orang yang tengah naik kendaraan umum seperti yang dilakukan. Ridwan Nur alias Tompel (18), pelaku yang menyiram soda api kepada belasan penumpang di dua bus PPD 213 jurusan Kampung Melayu-Grogol Jumat (4/10/2013) pagi. Pelaku kemudian berhasil dibekuk tim resmob Polres Jakarta Timur. Pemuda tanggung warga Penggilingan Cakung, Jakarta Timur ini ditangkap saat bersembunyi di rumah kawannya dan tidak masuk sekolah di kawasan Babelan, Bekasi, Jawa Barat, pada Minggu (6/10) dinihari. “Saya takut karena banyak penumpang yang kena siram dan terluka. Karena itu saya bersembunyi dan pindah-pindah,” katanya saat diperiksa petugas di Mapolres Jakarta Timur, Minggu (6/10/2013). Saat berada di ruang pemeriksaan Mapolres Metro Jakarta Timur, tidak banyak kata yang diutarakan pemuda bertubuh kurus itu. Tompel hanya diam dan tertunduk saat diperiksa petugas kepolisian Polres Jakarta Timur. “Itu cairan kimia saya dapat dari teman,” katanya singkat saat petugas menanyakan asal cairan kimia berbahaya itu. Kepada petugas, Tompel mengaku aksi nekat tersebut dilakukan lantaran dendam. Sambil menunjukan bekas luka di bagian kepala, pelajar kelas tiga SMK ini mengaku menjadi korban penyiraman air keras yang dilakukan pelajar sekolah lain di kawasan Matraman, Jakarta Timur pada Januari lalu. “Saya dendam, karena saya pernah disiram air keras sama musuh sekolah saya sebelumnya. Tapi ternyata saya salah sasaran, karena yang kena siram bukan siswa sekolah yang saya cari,” tuturnya. Tompel yang masih duduk dikelas XII SMK Boedi Oetomo tersebut saat ini masih diperiksa intensif oleh penyidik Polres Jakarta Timur. Lain Tompel lain pula RH yang ditangkap Polisi karena telah melakukan penyiraman air keras kepada seorang mahasiswi berinisial LD, di Pontianak. Ibunda RH, IR, membenarkan putranya tinggal di rumah kerabatnya yang anggota DPRD Pontianak. “RH di sana (Pontianak) sempat tinggal sama saudaranya yang anggota DPRD,” ujar IR saat

32

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013


Kriminal

dihubungi, Jumat (8/11/2013). Namun, IR menyatakan anaknya bukan tertangkap, melainkan menyerahkan diri ke polisi, setelah konsultasi dengan kakak sepupunya di Pontianak. IR mengatakan, RH akan terbang dari Pontianak menuju Jakarta pada pukul 13.50 Wita. “Nanti RH akan serah terima di bandara ditemani kakak sepupunya,” imbuh IR. RH menyiram LD, seorang mahasiswi salah satu universitas swasta di Jakarta Barat pada 3 Oktober 2013. LD dilarikan ke Rumah Sakit Royal Taruma, Jakarta Barat, karena mendapatkan luka di wajah dan tubuhnya. LD disiram air keras oleh RH di tempat indekosnya di kawasan Kemanggisan, Jakarta Barat. Akibat siraman air keras ini, LD menderita luka bakar di beberapa bagian tubuhnya, yakni pada wajah, dada sebelah kanan, kedua tangan, paha kanan, dan tungkai kaki kanan. Luka bakar LD mencapai stadium tiga. Peristiwa serupa terjadi di Medan, setelah Tim gabungan Polresta Medan dan Polsek Patumbak membekuk Elia br Ginting alias EG (31), tersangka penyiram soda api yang menewaskan Amelia Sembiring (7). Tersangka Elia, seorang ibu rumah tangga, yang tinggal tak jauh dari kediaman keluarga korban, Kompleks Pesona Graha, Jl Pertahanan, Dusun IV, Patumbak Dalam, Deliserdang, dibekuk di kawasan Pekanbaru, Riau, Jumat (1/11/2013). Namun polisi masih memburu suami tersangka disebut-sebut bernama Erwin Sembiring (ES). “Penyiraman soda api ini sebelumnya telah direncanakan pelaku. Dari hasil penyelidikan, motif pelaku karena unsur dendam,” ujar Kapolresta Medan Kombes Pol Nico Afinta paparan kasus ini, Minggu (3/11/2013). Namun tersangka Elia tidak dihadirkan polisi dalam paparan tersebut. Nico mengatakan tersangka masih sakit dan dirawat di satu rumah sakit di Medan. “Saat melakukan penyiraman, pelaku sempat terkena percikan soda api. Makanya saat ini Dia dirawat di rumah sakit,” ujar Nico tanpa menjelaskan rumah sakit tempat tersangka dirawat. Ia menyebut penyiraman soda api dipicu perselisihan ayah korban, Harmoko Sembiring dengan suami tersangka. “Antara korban dan pelaku pernah terjadi perselisihan. Jadi pelaku dendam,” kata Nico Dalam menjalankan aksinya, Elisa dibantu seorang lelaki yang mengemudikan Avanza saat tersangka beraksi, Rabu (23/10/2013) petang. Namun Nico enggan menjelaskan lelaki yang mengendarai Avanza tersebut. “Inisialnya belum bisa kita beritahu. Tapi yang jelas pelaku sudah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO),” ujar Nico. Nico mengatakan pihaknya telah mengamankan barang bukti berupa sarung tangan karet, baju pelaku dan ember. Tersangka pelaku dijerat Pasal 351 ayat (3) Jo 355 ayat (2) dan Pasal 356. “Ancamannya itu 15 tahun penjara,” katanya. Ia mengatakan Polresta Medan tengah melakukan koordinasi kepada pihak Disperindag untuk memperketat pengawasan peredaran soda api. “Karena membahayakan, kita juga sudah

koordinasi ke Disperindag. Jadi setiap pembeli soda api akan dimintai KTP- nya,” ungkap Nico. Namun penyidik Polsekta Patumbak, R Hasibuan mengatakan tersangka dibantu sang suami, Erwin Sembiring. “Inilah yang masih kita dalami. Yang jelas inisialnya ES. Dan masih kita kejar,” kata Hasibuan didampingi Kapolsekta Patumbak AKP Andiko Wicaksono. Ia mengakui penyiraman soda api yang akhirnya menewaskan murid kelas I SDN 101791 Patumbak itu akibat dendam tersangka pada ayah korban. “Suami si pelaku (ES) sebelumnya memasukkan material ke perumahan yang dijaga oleh Harmoko Sembiring. Tapi terjadi cekcok, dan istri ES dendam,” kata Hasibuan. Seperti dilansir sebelumnya, Amelia tewas setelah terjatuh pada genangan soda api, yang disiram tersangka yang menggunakan jubah dan cadar serba hitam. Ketika itu, korban mengikuti ayahnya yang mengejar pelaku. Ayah korban yang menjadi target penyiraman soda api selamat, tapi justeru putri tunggalnya yang jadi korban. Amelia Sembiring, bocah berusia 7 tahun tewas mengenaskan karena disiram air keras oleh orang tidak dikenal (OTK) di dekat kediaman rumahnya Dusun 6 Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deliserdang, Rabu (30/10/2013) Pelaku penyiraman air keras terhadap Amelia merupakan perempuan yang memakai cadar yang mengendarai mobil Avanza. Amelia tidak dapat diselamatkan kendati sudah dilarikan ke RS Sembiring yang kemudian dirujuk ke RSUP Adam Malik, Medan. Sekujur tubuh bocah. Perempuan ini melepuh akibat luka dari siraman air keras tersebut. Diduga target penyiraman air keras oleh OTK sebenarnya ayah korban. Korban penyiraman air keras juga merembet ke artis Indonesia. Aparat Polresta Malang memastikan bahwa cairan yang disiramkan ke vokalis band Saint Loco, Berry Manoch adalah air keras. Hal itu diungkapkan Wakil Kepala Polresta Malang, Kompol Trisaksono Puspo Adjie, Minggu (27/10/2013) siang kepada wartawan di Kota Malang. Vokalis band Saint Loco, Berry Manoch disiram air keras oleh orang tak dikenal di lobi salah satu hotel di Kota Malang saat foto bersama para fansnya, Sabtu (26/9/2013) malam. Peristiwa itu terjadi seusai Berry manggung di Lapangan Rampal. Akibat insiden itu, wajah Berry Manoch mengalami merah di wajahnya. Untuk mengetahui siapa pelaku penyiraman vokalis band Saint Loco yang kini dirawat di RSSA Malang, polisi melakukan penyelidikan. Kini, polisi sudah mengantongi ciri-ciri pelaku. “Untuk sementara, kita sudah mengenali ciriciri pelaku berdasarkan analisis dari rekaman kamera CCTV yang ada di hotel yang ditempati korban,” katanya. Adjie membeberkan, pelaku diketahui berjenis kelamin pria dan mengenakan jaket warna hijau, berbadan tegap dan berambut cepak. “Tinggi badannya kurang lebih 180 centimeter,” katanya.

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

33


Kriminal

Foto: istimewa

Ridwan Nur alias Tompel, pelaku yang menyiram soda api kepada belasan penumpang di dua bus PPD 213 jurusan Kampung Melayu-Grogol.

Untuk pengembangan penyelidikan, lanjut Adjie, pihaknya sudah melakukan olah tempat kejadian perkara dan memeriksa 7 saksi. “Kita sudah memeriksa 7 orang saksi. Dan hari ini juga meminta keterangan dari korban,” katanya. Tim medis, katanya, juga telah melakukan penelitian bahan cairan jenis apa yang digunakan oleh pelaku. “Sudah diteliti kandungan bahan yang ada di wajah korban,” katanya. Lebih lanjut Adjie menjelaskan, setelah menyiramkan air keras ke wajah Berry, pelaku langsung lari dengan menggunakan sepeda motor. “Saat ini, kita masih melakukan identifikasi kendaraan yang digunakan oleh pelaku,” kata Adjie. Dalam insiden tersebut, polisi juga mengamankan barang bukti berupa tumpahan cairan, baju korban, dan rekaman CCTV. “Dari rekaman CCTV itu, sudah terlihat jelas pelaku menyiramkan cairan ke wajah korban. Cairan itu dikeluarkan dari botol kecil yang dipegang oleh

34

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

pelaku,” katanya. Seperti diberitakan Kompas.com sebelumnya, vokalis band Saint Loco, Berry Manoch disiram cairan yang diduga air keras oleh orang tak dikenal, seusai manggung di Lapangan Rampal Kota Malang. Insiden penyiraman tersebut terjadi di lobi hotel tempat personel Saint Loco menginap saat sesi pemotretan dengan para penggemar. Saat ini, Berry tengah menjalani perawatan intensif di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSSA Malang. Pihak RSSA Malang belum memperbolehkan awak media untuk mengambil gambar dan mewawancarai korban. Korban yang mengalami luka di wajahnya belum memberikan izin untuk ditemui awak media. Aparat Polresta Malang memastikan bahwa cairan yang disiramkan ke vokalis band Saint Loco, Berry Manoch adalah air keras. Hal itu diungkapkan Wakil Kepala Polresta Malang, Kompol Trisaksono Puspo Adjie, Minggu (27/10/2013) siang kepada wartawan di Kota Malang. Vokalis band Saint Loco, Berry Manoch disiram air keras oleh orang tak dikenal di lobi salah satu hotel di Kota Malang saat foto bersama para fansnya, Sabtu (26/9/2013) malam. Peristiwa itu terjadi seusai Berry manggung di Lapangan Rampal. Akibat insiden itu, wajah Berry Manoch mengalami merah di wajahnya. Untuk mengetahui siapa pelaku penyiraman vokalis band Saint Loco yang kini dirawat di RSSA Malang, polisi melakukan penyelidikan. Kini, polisi sudah mengantongi ciri-ciri pelaku. “Untuk sementara, kita sudah mengenali ciriciri pelaku berdasarkan analisis dari rekaman kamera CCTV yang ada di hotel yang ditempati korban,” katanya. Adjie membeberkan, pelaku diketahui berjenis kelamin pria dan mengenakan jaket warna hijau, berbadan tegap dan berambut cepak. “Tinggi badannya kurang lebih 180 centimeter,” katanya. Untuk pengembangan penyelidikan, lanjut Adjie, pihaknya sudah melakukan olah tempat kejadian perkara dan memeriksa 7 saksi. “Kita sudah memeriksa 7 orang saksi. Dan hari ini juga meminta keterangan dari korban,” katanya. Tim medis, katanya, juga telah melakukan penelitian bahan cairan jenis apa yang digunakan oleh pelaku. “Sudah diteliti kandungan bahan yang ada di wajah korban,” katanya. Lebih lanjut Adjie menjelaskan, setelah menyiramkan air keras ke wajah Berry, pelaku langsung lari dengan menggunakan sepeda motor. “Saat ini, kita masih melakukan identifikasi kendaraan yang digunakan oleh pelaku,” kata Adjie. Dalam insiden tersebut, polisi juga mengamankan barang bukti berupa tumpahan cairan, baju korban, dan rekaman CCTV. “Dari rekaman CCTV itu, sudah terlihat jelas pelaku menyiramkan cairan ke wajah korban. Cairan itu dikeluarkan dari botol kecil yang dipegang oleh pelaku,” katanya. Bila prosedur pembelian bahan kimia soda api ini agak longgar, bukan tidak mungkin modus criminal ini semakin meningkat intensitasnya. Muhammad Jusuf/AM


Iklan Layanan Masyarakat ini dipersembahkan oleh ASATUNEWS.COM untuk Indonesia perangi NARKOBA!!! Š2013 ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

35


Persekongkolan Saudagar dan Hakim yang Hatinya tak Suci Korupsi dalam industri pertambangan bukan hal baru, apalagi di Eropa Timur. Di sana, pertambangan mineral merupakan salah satu sumber pendapatan devisa yang paling dapat diandalkan oleh banyak pemerintah. Tapi, banyak aset di sumber dayanya akhirnya jatuh ke para saudagar lantaran pejabat pemerintahnya mudah disuap dan senang korupsi.

36

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013


The Organized Crime and Corruption Reporting Project menyisir rekaman-rekaman “para pemain” di Rusia, Serbia, Rumania, Swiss, Inggris, dan Siprus. Para pemain itu ada yang berasal dari rumah peristirahatan Masonik, ada seorang wakil Rusia dari Partai Rusia Bersatu yang berada di bawah pimpinan Presiden Vladimir Putin, dan pihak lain dengan beragam latar belakang.

P

ERTEMUAN itu terjadi di sebuah restoran elite di Pullman Hotel, dekat jantung Kota Bukares. Waktunya Maret 2012. Yang bertemu adalah dua orang warga negara Rumania dan seorang pengusaha Serbia. Mereka terlibat dalam pembicaraan yang “panas”. Mereka sedang merancang suatu persekongkolan jahat. Mereka mendiskusikan berapa banyak uang yang perlu disediakan untuk menyuap hakim dan bagaimana melakukan kejahatan itu tanpa tertangkap pihak yang berwewenang. Salah satu pria di meja resto mewah itu adalah Aleksandar Andrejevic, Direktur Mineco Ltd., anak perusahaan Mineco yang berbasis di Swiss. Mineco adalah perusahaan multinasional di bisnis sumber daya alam. Padahal, tiga bulan sebelumnya, para pejabat hukum Serbia tengah mencari Andrejevic, dalam kaitannya dengan

serangkaian tuduhan penipuan. Namun, para pendekar hukum itu tidak menemukan cukup bukti. Dua orang lainnya yang hadir dalam pertemuan tersebut adalah Iacob Chişărău yang direktur perusahaan mineral Rumania, Moldomin, dan Adrian Rus yang perwakilan dari anak perusahaan Mineco di Bukares. Jelas itu bukan temu kangen sekadar menghabiskan waktu dengan bualan kosong. Itu pertemuan yang sangat penting. Karena, yang dipertaruhkan sedikitnya aset senilai US$ 1 miliar, investasi dalam tambang tembaga yang dikendalikan oleh Moldomin, badan usaha milik negara Rumania dan kini sedang menuju kebangkrutan. Mineco telah mendapatkan hak untuk mengeksploitasi cadangan tembaga dari Moldomin. Namun, banyak pihak di Rumania menentang. Mineco diaanggap belum memenuhi syarat untuk memenangkan tender tersebut.

Pihak berwewenang Rumania telah mencoba memblokir penjualan aset tersebut. Namun, seminggu sebelumnya, Pengadilan Banding Timisoara memutuskan Mineco bisa terus melakukan proses pembelian aset Moldomin. Kendati demikian, keputusan itu terancam batal. Pasalnya, ada upaya dari Mineco untuk mengambil alih saham Moldomin yang sudah bangkrut. Itulah sebabnya, untuk memastikan mereka mendapat keputusan yang mereka butuhkan, pengusaha Rumania dan Serbia itu ingin menyuap Hakim Cătălin Nicolae Șerban, Wakil Presiden Pengadilan Tinggi Timisoara. Kontak awal dengan sang hakim telah dibuat di sebuah rumah peristirahatan di Masonic. Ini bisa terjadi karena sang hakim dan Iacob Chişărău adalah "saudara". Pembicaraan para pengusaha itu diamdiam direkam oleh tim jaksa Rumania, yang telah mengikuti para pria itu, sehingga mendapat gambaran awal mengenai apa yang sedang terjadi: upaya lintas negara untuk mengendalikan sumber daya mineral di Eropa Timur. Korupsi dalam industri ekstraktif memang kerap terjadi. Karena, mineral merupakan salah satu sumber pendapatan devisa yang paling dapat diandalkan oleh pemerintah di negara-negara Eropa Timur. Tapi, banyak aset di sumber daya mineral

Foto: istimewa

ASAtunews | edisi 5/th. I/November Beruga 2013

37 2


yang akhirnya jatuh ke para saudagar yang tak suci hatinya lantaran pejabat pemerintahnya mudah disuap dan senang korupsi. The Organized Crime and Corruption Reporting Project menyisir rekamanrekaman “para pemain” di Rusia, Serbia, Rumania, Swiss, Inggris, dan Siprus. Para pemain itu ada yang dari rumah peristirahatan Masonik, ada seorang wakil Rusia dari Partai Rusia Bersatu yang berada di bawah pimpinan Presiden Vladimir Putin, dan pihak lain dengan

beragam latar belakang. Pekerjaan ini penuh muslihat. Diskusi para pria itu dimulai setidaknya enam hari sebelum pembicaraan mereka di Pullman, ketika Andrejevic berbicara dengan Chişărău dalam pertemuan diam-diam bahwa bosnya, Dimitrije “Miki” Aksentijević, lebih suka uang suap ditransfer ke rekening bank, tidak dalam bentuk uang tunai. Chişărău pun mengatakan, ia takut penarikan uang tunai dalam jumlah

besar dari bank akan menarik perhatian pihak berwewenang. Namun, Andrejevic meyakinkan Chişărău bahwa ia dan kawannya tahu bagaimana membuat semuanya rapi jali dan biasa saja. Pada pertemuan di Pullman itu, mereka lalu memutuskan: Chişărău akan mengambil uang tunai di Serbia dan melobi hakim. Andrejevic sendiri mengatakan kepada orangorang Rumania itu, ia tidak akan hadir bertatap langsung dengan para pengusaha itu pada pertemuan di Serbia, namun ia berjanji akan ada orang lain yang akan mewakili dirinya. Pertemuan di Bela Crkva Dua hari kemudian, Chişărău menyeberang ke Serbia, memasuki Bela Crkva, sebuah kota kecil berpenghuni 8.000 jiwa, sekitar 10 kilometer dari perbatasan Rumania. Dia bersama kepala polisi dari Moldova Noua, sebuah kota di Rumania dekat perbatasan Serbia. Mereka tampaknya datang lebih cepat dari waktu yang yang disepakatai.Bisa saja itu disengaja, untuk “orientasi lapangan”. Keduanya lalu berbelanja dan berjalan-jalan dulu sekitar satu jam. Barulah pada pukul 16.00 , Chişărău menghentikan mobilnya di dekat Hotel Royal di pinggir kota. Di sana telah menunggu sebuah jip hitam 4x4, dengan dua orang asing di dalamnya dan sebuah amplop gemuk berisi mata uang euro. Chişărău mengambil uang itu dan kembali ke mobilnya. Hanya butuh waktu kurang dari dua menit untuk transaksi tersebut. Sekitar 15 menit kemudian, Direktur Mineco Ltd Andrejevic menerima pesan singkat. Isinya: “Done." Namun, Andrejevic mungkin tidak tahu, Chişărău justru dicokok polisi ketika hendak memasuki wilayah Rumania. Penegak hukum Rumania menyita € 50 ribu dari tangan Chişărău. Tapi, Chişărău kemudian dilepaskan setelah setuju bersedia bekerja sama membantu pihak yang berwewenang. Juga bersedia untuk tetap melanjutkan rencana proses pemberian suap itu, sebagai cepu alias spion pihak yang berwewenang. Pada hari itu juga, uang yang disita dari tangan Chişărău langsung diberi tanda dengan kata-kata dalam bahasa Rumania: “trafic de influentă”. Kata-kata itu ditulis dengan tinta yang hanya bisa dibaca dengan menggunakan bantuan sinar dari lampu neon khusus. Amplop berisi uang itu tidak diterima sang hakim langsung. Namun, menurut

38 3

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013 BERUGA


keterangan jaksa, sang hakim meminta Chişărău meninggalkan uang tunai itu di kantor notaris publik milik istrinya, sebagai upaya menyamarkan suap itu sehingga tidak terendus sebagai transaksi fiktif. Toh, pada akhirnya, sang hakim segera bisa ditangkap. Dengan uang suap itu, Mineco tadinya berharap sang hakim dapat memengaruhi rekan-rekannya di pengadilan banding, bukan hanya pada satu kasus, tapi untuk dua kasus. Kasus pertama terkait penjualan aset Moldomin. Mineco ingin membatalkan banding kantor pajak Rumania sehubungan dengan penjualan itu. Kasus kedua berkenaan dengan upaya negara untuk menggantikan wali amanat dalam menangani penjualan aset Moldomin yang dalam proses kebangkrutan. Mineco ingin memblokir itu dan mempertahankan Răzvan Traian Zăvăleanu tetap sebagai wali amanat. Karena, Răzvan Traian Zăvăleanu sudah menjadi bagian dari skenario upaya penyerahan Moldomin ke Mineco . Ternyata, hakim tidak hanya ditahan atas kejahatannya, tapi juga dituntut untuk mengganti uang yang hilang dari amplop yang diberikan ke kantor istrinya. Ia harus mengganti € 10.000. Andrejevic dan Aksentijević meninggalkan Rumania pada hari ketika jaksa menjalankan operasinya. Keberadan mereka hingga kini sedang terus diselidiki. Para penyuap lainnya akan dijatuhi hukuman tahun ini oleh pengadilan tinggi. Pada 18 Juni lalu, Hakim Cătălin Nicolae Serban telah divonis bersalah dan dihukum lima tahun penjara. Adrian Rus mendapat hukuman percobaan dua tahun, sementara istri hakim diganjar hukuman percobaan tiga tahun. Dalam sidang

terpisah pada Februari lalu, Chişărău divonis tiga tahun penjara. Bisnis Tidak Biasa Upaya untuk menguasai Moldomin juga terjadi tahun ini, yang melibatkan jaringan yang lebih terorganisasi, terdiri dari para penyuap, negara, dan perusahaan. Termasuk yang terlibat di dalamnya adalah orang kaya dari Amerika Serikat, Marc Rich, yang kini telah meninggal dunia. Marc Rich adalah pendiri Glencore, salah satu perusahaan perdagangan mineral terbesar di dunia. Marc Rich dan Glencore memang telah lama dikenal sebagai sosok pengusaha dan perusahaan yang kontroversial. Andrejevic, yang sedang diselidiki di Rumania terkait kasus suap, juga diselidiki di Serbia untuk dugaan penipuan yang melibatkan Mineco. Pihak berwewenang di Serbia sudah memulai sidang kasus ini pada November 2011 lalu. Bosnya, Aksentijević, adalah anggota dewan direksi di Mineco AG, sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 2002 di Zug, Swiss. Aksentijević berkewarganegaraan ganda, Ingris dan Serbia, dan pernah bekerja untuk Glencore. Dia adalah anak Dragan Aksentijević, mantan Direktur Aviogenex, sebuah perusahaan sewa pesawat milik negara Yugoslavia (sewaktu masih berdiri) dan bagian dari Grup Genex, satu dari perusahaan dagang utama di (bekas) negara komunis Yugoslavia. Melalui Mineco, orang-orang Serbia itu sebenarnya ditargetkan untuk menguasai Moldomin pada tahun 2006. Ketika itu, Mineco bersama dengan perusahaan lokal, bernama Metanef, berpartisipasi dalam penawaran awal untuk bergabung dengan Rumania dalam memanfaatkan cadangan tembaga. Pada saat itu, Adrian

Rus adalah seorang eksekutif pada kelompok Metanef. Seperti Mineco, perusahaan Rumania ini terhubung sebelumnya ke Glencore. Tapi, upaya menguasai Moldomin gagal. Sebuah kesempatan baru muncul pada tahun 2010, ketika Moldomin runtuh karena tekanan utang yang sangat besar, € 50 juta. Padahal, aset Moldomin sebenarnya tergolong besar. Perusahaan ini memiliki hak eksploitasi atas suatu wilayah yang besar, yang terletak di utara Sungai Danube. Hari ini , pihak berwenang Rumania berusaha untuk membuktikan bahwa kontrol Mineco terhadap aset Moldomin tidak dilakukan sesuai dengan ketentuan. Ini bukan satu-satunya kontroversi Mineco terlibat kasus di Rumania. Pada Oktober. tahun lalu, seorang ahli geologi Rusia setengah baya dengan rambut abu-abu dan kumis tebal tiba di Bandar Udara Internasional Henri Coandă di Bukares untuk penerbangan pagi . Para penegak hukum Rumania mendekati geolog itu, yang sedang menunggu pesawatnya. Para penegak hukum mengklaim telah mendapatkan benda yang masuk dalam klasifikasi peta geologi dari pencidukan sang geolog. Seminggu kemudian, Direktorat Investigasi Kejahatan Terorganisasi dan Terorisme (DIICOT) dan intelijen Rumania (SRI) mengumumkan, mereka telah menemukan spionase dan ancaman terhadap keamanan nasional Rumania . Mereka mengatakan peta itu berisi informasi rahasia tentang tembaga dan logam langka cadangan di daerah Moldova.Noua. Namun, tuduhan itu kemudian berubah menjadi perkara korupsi. Muhammad Jusuf & Purwadi

ASAtunews | edisi 5/th. I/November BERUGA 2013

39 4


GAYAHIDUP

Jagalah Ginjal Anda Supaya Tetap Sehat

Foto: istimewa

Kepopuleran organ ginjal memang masih kalah dibandingkan dengan otakatau jantung dalam berbagai pembahasan seputar kesehatan. Akibatnya, banyak masyarakat yang kurang atau bahkan tidak peduli dengan kesehatanginjalnya sendiri. Padahal peranan ginjal di dalam metabolisme tubuh sama vitalnya dengan organ lainnya sehingga menjaga kesehatannya sudah menjadi kewajiban setiap orang.

40

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013


GAYAHIDUP

H

al tersebut juga ternyata diakui para pekerja medis yang menyatakan bahwa perhatian terhadap masalah kesehatan ginjal ini masih berada di bawah jantung, otak atau hati.Tak heran bahwa banyak orang yang baru mengetahui kalau ia menderita ginjal jika penyakitnya sudah berada di stadium lanjut, disamping gejala penyakit ginjal yang memang tidak begitu terlihat. Alhasil, banyak pasien yang baru menyadarinya ketika penyakit tersebut sudah parah menggerogoti tubuhnya. Kesehatan ginjal ini tidak boleh dipandang sebelah mata karena jika sudah mencapai stadium berat maka biaya pengobatannya akan sangat mahal. Harus diketahui bahwa komplikasi dari penyakit ini pun terbilang banyak mulai dari diabetes, kardiovaskular sampai pengeroposan tulang. Pada dasarnya, penyakit ginjal ini terbagi menjadi dua yakni penyakit ginjal yang dapat disembuhkan dan yang tidak dapat disembuhkan. Kedua jenis penyakit ginjal tersebut memiliki konsekuensi medisnya masing-masing. Penyakit ginjal yang dapat disembuhkan, misalnya batu ginjal. Penyakit ini akan mudah diangkat jika yang menjadi faktor pencetusnya sudah diangkat dan kinerja ginjal pun akan normal kembali. Sedangkan penyakit ginjal yang tidak dapat disembuhkan dapat berupa ginjal yang sudah bocor atau penyakit ginjal kronis. Namun, meskipun tidak dapat disembuhkan, penyakit ini masih bisa disiasati dengan menghambat proses perkembangannya yakni dengan cara menjalani berbagai bentuk pengobatan medis dan menjalankan gaya hidup sehat. Namun, walau bagaimanapun, hal yang terpenting ialah mencegah ketimbang mengobati. Dan berikut merupakan kiat-kiat untuk menjaga kesehatan ginjal Anda:

1. Menjaga Kadar Gula Darah Anda harus pandai dalam menjaga kadar gula darah supaya tetap stabil. Gula darah yang tinggi dapat menjadi salah satu faktor penyakit ginjal. Data yang dirilis oleh Indonesia Renal Registry menyebutkan bahwa pada 2010 silam, penyakit diabetes menyumbang sekitar 25% yang menyebabkan penyakit ginjal. 2. Menjaga Kesehatan Fisik Anda juga mesti pandai dalam menjaga kesehatan fisik dengan cara sering berolahraga dan mengonsumsi makanan-makanan menyehatkan. Ingatlahbahwa makanan yang banyak mengandung zat pewarna sangat berperan dalam memengaruhi kondisi ginjal seseorang. Begitu juga dengan kopi dan teh yang bila terlalu sering dikonsumsi, dapat mengganggu kinerja ginjal. Mulai saat ini, cobalah untuk lebih bijak dalam menyantap makanan/minuman dan rutin berolahraga fisik. 3. Menjaga Tekanan Darah Data menunjukkan bahwa pada tahun 2010, darah tinggi turut andil dalam menyebabkan penyakit ginjal sebanyak 35%. Maka itu, Anda dituntut harus pandai dalam menjaga tekanan darah

supaya tidak melonjak. Hindari makanan-makanan yang dapat memicu naiknya tekanan darah. 4. Minum Air Putih Kaitannya dengan mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh. Selain dengan banyak mengonsumsi air putih yang memang sudah wajib untuk membantu menjaga kesehatan ginjal, cairan di dalam tubuh juga bias diperoleh dengan mengonsumsi buah dan sayuran. Dehidrasi atau kekurangan cairan sebaiknya dihindari supaya kinerja ginjal dapat terus terjaga. 5. Tidak Merokok dan Rutin Memeriksakan Diri Lagi-lagi, merokok merupakan penyebab timbulnya berbagai macam penyakit di tubuh, salah satunya ginjal. Makanya, mulai saat ini, sebisa mungkin Anda mesti mengurangi atau bahkan tidak sama sekali merokok demi kesehatan ginjal Anda. Ginjal sebaiknya juga diperiksakan secara rutin dalam bentuk pemeriksaan protein dalam urin dan mengukur lajU filtrasi glomerulus atau LFG. Itulah beberapa kiat yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kesehatan ginjal supaya tetap berfungsi dengan baik. Bagaimanapun, Anda harus sebisa mungkin untuk menjaga kesehatan organ ginjal yang memiliki fungsi penting di dalam tubuh. Jika Anda sudah membaca artikel ini, maka harapan kami Anda bias langsung mempraktikkan beberapa cara yang diulas di atas demi kesehata ginjal Anda sendiri. karena jika bukan diri sendiri yang menjaga ginjal, siapa lagi? Semoga bermanfaat untuk Anda. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. JOY

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

41


BOLA

Sejak diambil alih FIFA, penghargaan bergengsi untuk pemain sepakbola Ballon d’Or tahun senantiasa menuai kontroversi dan panen kritik. Akankah wibawa dan gengsi penghargaan ini bisa terangkat kembali?

Ballon d’Or Dipandang Sebelah Mata 42

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013


BOLA

S

IAPA yang akan menerima FIFA Ballon d’Or tahun ini? Sudah dipastikan ada 23 nama yang masuk ke dalam daftar kandidat penerima penghargaan bergengsi itu. Mereka adalah Andres Iniesta, Philipp Lahm, Robert Lewandowski, Lionel Messi, Thomas Mueller, Manuel Neuer, Neymar, Mesut Ozil, Andrea Pirlo, Franck Ribery, Arjen Robben, Cristiano Ronaldo, Bastian Schweinsteiger, Luis Suarez, Thiago Silva, Yaya Toure, Robin Van Persie dan Xavi Hernandez. FIFA Ballon d’Or adalah penghargaan yang sejarahnya dimulai pada tahun 1956. Sampai tahun 2009, penghargaan ini hanya untuk pesepakbola berkewarganegaraan Eropa dan bermain juga di klub yang merupakan anggota UEFA. Sejak 2010, FIFA mengambil kewenangannya, sehingga Ballon d’Or berubah menjadi sertifikasi penghargaan bagi pesepakbola terbaik di dunia. Namun, saat itulah saga pemilihan pemain terbaik ini terus memicu kontroversi dan menuai kritik dari berbagai pihak. Banyak yang berpandangan, ketika FIFA memutuskan mengambil Ballon d’Or menjadi trofinya, seharusnya FIFA juga memperhitungkan nilai dari kontribusi sang calon pemenang terhadap negaranya, yang tentu saja konfederasi persepakbolaan negaranya juga harus bernaung di FIFA. Piala Dunia adalah ajang tertinggi yang diselenggarakan FIFA sebagai media pengukuhan negara mana yang terbaik dalam hal bermain sepakbola. Pada tahun 2010, misalnya, FIFA menganugerahkan Ballon d’Or kepada Lionel dan langsung panen kritik. Karena, ketika itu, Spanyol dan Internationale Milan menguasai kedigjayaan supermasi atas negara dan klub sepakbola terbaik sedunia. Sementara itu, peran Messi hanya sebatas Barcelona, tidak sebagai pemain Argentina. Padahal, kandidat lain, seperti Andres Iniesta, Xavi Hernandez, dan juga Wesley (yang

merebut Trible Winner juga membantu Belanda ke Final Piala Eropa), punya poin pertimbangan lebih besar untuk menjadi pemenang Ballon d’Or tahun itu. Karena, ketiganya ikut andil dalam prestasi negara dan klubnya. Tahun 2011, Messi kembali mendapatkan Ballon d’Or atau yang kedua menurut versi FIFA. Pada tahun itu, Barcelona memang mendapatkan kembali trofi Liga Champion, tapi Argentina yang dibela Messi tidak berprestasi. Copa Amerika dimenangi Uruguay, sedangkan Real Madrid merajai La Liga. Tahun lalu, 2012, Messi juga yang memenangi trofi tersebut, yang akhirnya mulai dipandang sebelah mata oleh penikmat sepakbola. Messi hanya meraih trofi La liga dan Copa del rey, padahal Chelsea membawa trofi Liga Champion ke Stamford Brigde untuk yang pertama kalinya. Jangan dilupakan juga, Spanyol berhasil mempertahankan Piala Eropa. Penilaian terhadap Messi bukan berarti ia tidak layak menyandang gelar pesepakbola terbaik, tetapi pelabelan nama FIFA di depan gelar Ballon d’Or seharusnya menjadi penilaian yang mencangkup ukuran yang lebih global. Bukan lagi sebatas Eropa, tapi dunia. Demikian pendapat banyak pengamat. Ukuran penilaian yang semakin absurd inilah yang terus mencoreng kredibilitas gelar Balon d’Or versi FIFA. Ronaldo, Ibrahimovic, Ribery, dan Neymar adalah kandidat terkuat dan terbersih yang digadang akan menggantikan posisi Messi sebagai penerima trofi. Upacara penghargaan untuk tahun ini akan diselenggarakan di Zurich pada 13 Januari 2014. Semoga pemenang tahun ini bisa mengubah pandangan pecinta sepakbola akan sakralnya gelar Ballon d’Or. Mohammad Hidayat

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

43


Sosok

Julia Putri Noor

Bangun Leadership anak muda

Julia Putri Noor menjadi calon legislatif untuk DPR pada Pemilu 2014. Dia menjadi calon Partai Hanura dari Daerah Pemilihan DIY nomor urut 3.

K

ader Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) tidak hanya berkutat pada politik pragmatis, namun juga konsen pada bidang lainnya. Satu di antaranya dalam bidang pendidikan, terutama dalam hal pendidikan karakter bagi generasi muda. Sebagai implementasinya salah satu kader Hanura Julia Putri Noor melaunching Jendela Pendidikan Nusantara (JPN) DIY di UIN Sunan Kalijaga (Suka) Yogyakarta. Selain ditandai dengan pemasangan PIN JPN kepada pejabat teras UIN Suka, launching JPN DIY juga diisi dengan seminar pendidikan karakter di aula UIN setempat dan gerakan wakaf buku sebanyak 1928. Julia Putri Noor yang distruktural DPP Hanura menjabat Ketua Perlindungan dan Kesejahteraan Anak Korda DIY mengatakan, selain untuk membekali ilmu bagi para generasi muda, JPN ini juga untuk memberdayakan perempuan. “Karena itu, untuk pengurus JPN yang ada di DIY kebanyakan diisi oleh para ibu-ibu,” ungkap Julia kepada ASATUNEWS MAGZ. Menurut Julia masalah kepemimpinan yang berkarakter bagi generasi muda ini penting. Sebab kondisi sekarang untuk jiwa kepemimpinan para pemangku jabatan sudah bias. Sehingga dengan adanya bekal ini, diharapkan dapat menjadikan dan menumbuhkan jiwa leadership bagi generasi muda. “Untuk menunjang itu, kami bekerja sama dengan perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menggelar seminar pendidikan karaketer untuk generasi muda ini,” katanya. Selain itu, bersamaan dengan kegiatan tersebut, juga melakukan gerakan wakaf buku 1928. Gerakan wakaf buku 1928 juga dimaksudkan untuk mengembalikan jiwa semangat pemuda, yaitu tekat pemuda Indonesia yang bersatu padu berjuangan untuk kemajuan bangsa dan negara. Bukan jiwa yang terpecah belah, namun jiwa yang memiliki visi dan misi yang sama. “Kerjasama dengan kampus ini juga baru yang pertama kali dan akan kami kembangkan lagi di tempat-tempat lain,” jelasnya.

Foto: istimewa

44

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013


Sosok Dewi Roesdji

Manfaat untuk orang Lain

I

a selalu menampilkan tema besar Eksotika Jogja dengan sentuhan batik yang unik antik dan ciamik, saya selalu ingin memberi tema khusus rancangan saya. Dengan label DewiQu rancangannya mulai diperhitungkan saat ini, sering hadir dalam Jakarta Fashion Week, Kini Dewi tak asing lagi sebagai perancang mode masa depan. "Romantis dan anggun namun lincah dan dinamis, menginspirasi koleksi busana yang didominasi karya-karya. Karya saya juga suka membuat kejutan,"ujar perangcang anggota APPMI sejak 2002 ini . Dewi adalah sejebola Futura Fashion Center Jakarta, ia memiliki dalam karyanya selalu ini merespon

karya-karya dengan bahan tradisional menjadi desain modern, dengan bentuk klasik, playfull, kombinasi bahan lain untuk mendapatkan konsep baru. Dan semua orang akan membawakan dengankaryanya. "Itulah karya saya yang lebih esksotis dan memberikan alternatif," ujar perancang kelahiran Aceh 11 Feb 71 ini. Saat ini butiknya Genthong jl. Rotowijayan 20a, Yogyakarta menampilkan fashion terutama batik dan kain tradisional indonesia, selain punya hobby naik gunung, menulis puisi melukis , olah raga. Hidupnya: "Saya selalu berusaha ingin bermanfaat untuk oranglain," tutupnya.

Foto: istimewa

Fifie Buntaran

Santet dan Bubarnya Babydoll

I

SU Dewi Perssik kena santet sempat menyeret nama Fifie Buntaran. Maklum, selain Jupe, Fifie merupakan artis lain yang pernah bermasalah dengan artis yang

akrab disapa Depe itu. Ya, dalam film “Pantai Selatan� yang baru beredar beberapa waktu lalu wanita bertubuh seksi ini memang sempat terlibat pertikaian.

Fifie menilai Depe artis yang tak profesional. Sebab, ketika syuting mau dimulai sering pedangdut mantan istri Saipul Jamil itu belum datang juga. Akhirnya, syuting harus ditunda menunggu kehadirannya. “Tapi sekarang sudah baikan. Pas promo film itu di Solo, kita udah clear semua. Nggak ada masalah lagi. Malah, dia sekarang banyak pesen baju sama saya,� kata Fifie baru-baru ini. Habis Depe, ternyata masalah lain datang. Kali ini terkait dengan Heni Tania yang sebelumnya sama-sama bergabung dalam girlband Babydoll. Fifie melaporkan kasus pencantuman nama Babydoll di belakang nama Heni Tania ke Polres Jakarta Selatan. Ia tidak bisa menerima karena Babydoll biarpun belum diumumkan secara resmi ke publik sebenarnya sudah bubar. "Sudah bubar, sudah terjadi kudeta di dalamnya kan. Sebenarnya dia tidak boleh pakai nama itu (Babydoll) lagi. Yang memberi namanya saja sudah keluar," kata Fifie. Sejak pembubaran tak resmi itu tidak ada yang diperbolehkan bawa-bawa nama Babydoll lagi, terlebih untuk mencari keuntungan di dunia hiburan. Fifie mengaku tidak bisa sejalan lagi dengan Heni Tania karena sikapnya yang disebutnya otoriter. Padahal, sebagai grup dengan empat personel, masing-masing harus toleran terhadap personel lain. May

Foto: istimewa

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

45


Dialog

Foto: istimewa

Efiq Zulfiqar

Komposisi Musik Penyakit Ginjal Musisi muda Indonesia ini kini tinggal di Australia, namun kerinduannya akan bikin konser dan reuni di tanak air sangat diimpikan, bahkan musisi yang pernah malang melintang bersama Krakatu ini sangat ingin melakukan reuni dengan musisi tanah air.

46

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013


Dialog

T

okoh muda dan musisi saat ini sempat memberikan waktunya untuk diwawancarai, berikut adalah wawancara lengkap dengan musisi Efiq Zulfiqar pria kelahiran 23 Mei 1970 ini yang merupakan lulusan ASTI STSI Bandung dan STSI Denpasar yang dhimpun oleh wartawan AENDRA Medita dari ASATUNEWS.

Bisa ceritakan pengalaman Anda dari awal sampai kini? Pada dasarnya dari kecil saya memang sangat menyukai seni apapun bentuknya, apakah itu seni musik, tari, teater atau senirupa. Setelah lulus SMA tahun 1989, saya memutuskan untuk belajar di ASTI/STSI Bandung jurusan Karawitan. Dan selama disanalah saya mendapat banyak sekali pelajaran dan pengalaman yang sangat berharga. Setelah menyelesaikan diploma di ASTI Bandung, meskipun banyak pelajaran dan pengalaman yang saya dapatkan. Ternyata saya merasa, masih belum cukup, karena saya masih ingin mempelajari lebih mendalam lagi. Kemudian saya melanjutkan study ke STSI Denpasar, hingga lulus sarjana seni tahun 1997. Selama di Indonesia, saya pernah bergabung dengan beberapa group musik seperti; Idea, Zithermania, Jugala, Sambasunda & Krakatau. Saya juga berkolaborasi dengan beberapa musisi seperti; (Alm) Harry Roesly, Doel Sumbang, Sawung Jabo dll. Selain itu saya juga aktif dalam group teater sebagai musik ilustrator seperti; Teater Payung Hitam, STB (Studiklub Teater Bandung), Teater SAE dll. Pada waktu bergabung bersama Krakatau, saat itulah pengalaman pertama saya ke luar negeri. Negara pertama yang dikunjungi adalah Australia. Waktu itu kita pentas di Manly Jazz Festival – Sydney tahun 1997. Kemudian tahun 2000 di Cannes Perancis dan Tour lagi ke Australia di tahun yang sama. Dan meraih sukses dengan sambutan yang sangat antusias dari penonton, baik itu selama di Perancis maupun di Australia. Konsep Krakatau yang unik, tidak hanya dari segi komposisi musiknya, akan tetapi scale atau laras yang digunakan bervariasi. Dan kita sangat bangga sekali karena Krakatau memasukan instrument tradisional Sunda dan memainkan laras yang paling orsinil dari Indonesia yaitu Pelog, Madenda & Salendro. Terutama untuk laras salendro, tidak semua nada bisa dimainkan dengan western istrument. Maka diperlukan system Micro Tuning untuk menyesuaikannya dengan gamelan. Penggabungan antara dua warna tradisi dan modern itu, menjadikan musik Krakatau sebagai ikon bagi para musisi. Baik itu di Indonesia maupun di luar negeri pada saat itu. Sangat Menarik ya pengalaman Anda? Ya… lumayan setelah sekian lama bergabung dengan Krakatau, pada waktu itu saya aktif juga di Sambasunda dan Jugala All Stars. Dan melakukan serangkaian tour ke negara-negara Eropa, Malaysia, Taiwan, bahkan Australia & New Zealand. Dan cukup mendapat sambutan penonton yang sangat antusias, dari tiap negara yang dikunjungi. Sambasunda sendiri adalah sebuah group world music dari Bandung yang dipimpin oleh Ismet Ruchimat. Group ini terdiri dari beberapa

musisi muda yang memiliki talenta yang cukup diperhitungkan. Sebagian dari musisinya adalah mahasiswa dan alumni STSI Bandung. Saya pribadi banyak belajar dari Sambasunda terutama Kang Ismet Ruchimat, yang sangat mendorong dan memberikan support kepada saya sebagai seorang musisi dan komposer. Unsur tradisional dalam group Sambasunda sangat kental, akan tetapi sarat juga dengan nuansa baru dan kontemporer. Sehingga komposisi musik yang dibawakan menjadi lebih dinamis dan berkarakter, baik itu instrumental, vokal maupun pengiring tarian. Sungguh pengalaman yang sangat berharga buat saya, karena disamping bisa berekspresi sebagai musisi, saya juga bisa mengapresiasi musikmusik dari berbagai negara selama mengikuti tour. Dan saya juga bisa menuangkan ide-ide dengan menulis komposisi musik atau lagu yang dibutuhkan dalam group tersebut. Beberapa komposisi yang saya tulis diantaranya; Mandeh Lah Ondeh, Sweet Talking With Oling, Sisidueun, Kool n’ Trunk, Janari Kecil, Bentol Soca, Ronggeng Imut dll. Anda memutuskan tinggal di Australia sebagai karier atau akan menetap? Akhir tahun 2005, saya hijrah ke Australia. Dan selama di Australia, saya juga berkolaborasi dengan beberapa group band, komunitas gamelan dan musisi – musisi Australia diantaranya; Swara Naga, Langen Sari, Brisbane Balinese Community (Puspa Wresti), Gamelan Giri Jaya, Songket, Couch Funk, Garis, Gongbaby, Musica Viva Australia (Makukuhan), GAPP Project, Ron Reeves, Deva Permana, Margaret Bradley, Suara Indonesia Dance, Tarshito, Francis Gillfeder, Kari, Kym Hall, Ravi Singh, Kitch, Tjupurru dll. Selama berkolaborasi, saya banyak memainkan alat-alat musik tradisional sambil sedikit demi sedikit memperkenalkannya kepada musisi Australia yang belum tahu. Apalagi dibarengi juga dengan melakukan workshop gamelan dan konser ke beberapa tempat di Australia. Sebelum saya menetap di Australia, saya sendiri sering diundang sebagai Musician in Resident untuk memberikan workshop karawitan di Sydney dan Brisbane. Saya juga mencoba membuat kreasi dan inovasi baru dari alat musik tradisional yang digabungkan dengan alat musik barat seperti “Kendrum”. Kendrum adalah penggabungan antara Kendang Sunda dan drumkit. Unsur instrument yang saya gabungkan terdiri dari rebana, dog-dog, snare drum dan simbal. Adapun ritme yang dimainkan adalah penggabungan dari motif kendang dengan motif drum atau perkusi, sehingga menghasilkan suara yang cukup unik. Saya juga membuat konsep solo performance dengan latar belakang musik yang diproses di komputer. Komposisinya pun lebih kontemporer, tapi unsur-unsur tradisinya masih ada didalamnya meskipun berbentuk sampling. Biasanya komposisi gamelan dimainkan dengan birama 4/4, saya mencoba bereksplorasi membuat komposisi gamelan dengan birama 7/8, 5/8, 31/16 dll. Saya menjalani dulu perjalanan ini. Melihat setiap group atau musisi yang pernah berkolaborasi selama di Australia, bagi saya pribadi memiliki kesan tersendiri.

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

47


Dialog

48

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013


Dialog

Foto: istimewa

Group musik apa saja yang Anda kolaborasi di Australia? “Swara Naga” adalah sebuah group gamelan dari University Of New England – Armidale yang dipimpin oleh DR David Goldsworthy. Beliau adalah dosen etnomusikologi yang memprakarsai gamelan Degung orkestra di kampus tersebut. Dan hampir semua anggotanya adalah mahasiswa didikannya. Disamping mereka bisa menguasai lagu – lagu Degung tradisi, mereka juga bisa memainkan gamelan kontemporer. Dan itu mempermudah saya dalam memberikan workshop pada mereka. “Langen Sari” Adalah komunitas gamelan yang berbasis di Byron Bay. Mereka sangat antusias dan cepat dalam mempelajari gamelan. Disamping memberikan workshop gamelan, saya memberikan workshop suling dan kendang juga pada mereka. Dan kita melakukan beberapa konser di Byron Bay. “Puspa Wresti” adalah sebuah komunitas gamelan Bali yang berbasis di Brisbane. Komunitas ini sangat besar dan aktif dalam melakukan latihan serta konser di beberapa festival diantaranya Woodford Festival, Brisbane Multicultural Festival dan beberapa konser lainnya. Di group ini saya bermain

kendang, suling dan gamelan. “Giri Jaya” adalah komunitas gamelan Bali yang berbasis di Toowoomba. Anggota group ini sebagian adalah musisi yang telah lama belajar gamelan langsung dari Bali. Mereka sangat mahir dalam memainkan gamelan dan ada dua orang Australia yang sangat mahir dalam memainkan gender wayang juga. Mereka sangat aktif dalam melakukan konser seperti Woodford Festival, Multicultural Festival, Bellingen Festival dan beberapa pertunjukan lainnya. Di group ini saya main kendang dan suling. Beberapa tahun yang lalu kita pernah menggarap sendratari “Shakuntala”. “Couch Funk” adalah group fusion band dari Bayron Bay yang menggabungkan funk, electronic, dance & ethnik. Group ini sangat unik, dimana setiap konser­nya selalu ada sofa (couch) ditengah pang­gungnya. Sehingga baik musisi maupun penon­ton merasakan suasana akrab dan bebas untuk berekspresi. “Garis” & “Gongbaby” adalah group ethnik jazz fusion yang berbasis di Sydney. Group ini aktif bereksplorasi dengan menggabungkan karawitan tradisi dengan jazz, rock, hip-hop maupun elektronik.

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

49


Dialog

Foto: istimewa

Ibu, (alm) bapak dan (alm) kakek saya adalah inspirator yang paling besar dalam hidup saya. Buat saya pribadi, mereka adalah orang-orang yang hebat meskipun tidak banyak orang mengenalnya.

“Makukuhan” adalah group gamelan trio yang khusus menampilkan kesenian tradisional untuk anak-anak sekolah di seluruh Australia secara interaktif mulai dari Sunda, Jawa tengah, Jawa timur & Bali. Group ini dikelola oleh Musica Viva, di bawah naungan Department of Education & Training Australia. “Tjupurru” adalah seorang musisi yang memainkan Didjeribone (gabungan antara didjeridoo dan trombone). Seperti diketahui bahwa didjeridoo adalah alat musik tradisional suku Aborigin, yang menghasilkan bunyi atonal. Namun didjeribone lebih konvensional karena bisa merubah nada sesuai yang diinginkan dengan teknik seperti memainkan trombone.

50

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

Mereka semua inovatif ya? Ya banyak inovasi alat misalnya Tjupurru juga menggunakan teknologi yang disebut “Face Base”, atau head set microphone yang dimasukkan ke dalam mulut, ditambah dengan beberapa macam efek gitar dan bass, sehingga bunyi-bunyi hasil tiupan didjeridoo itu bervariasi dan sangat unik. Karena dia sebagai solois, maka disetiap konsernya dia menggunakan loop system. Dan saya memperkayainya dengan memainkan suling sunda, tarompet penca, silver flute dan kendang beatbox. Dan masih banyak lagi group atau musisi yang pernah bekolaborasi dengan saya yang belum sempat saya paparkan. Tetapi pada dasarnya, apa yang saya lakukan selama di Australia adalah


Dialog

esepnya adalah keyakinan, kerja keras, mentalitas, cita-cita yang setinggi-tingginya, tetap ingat dari mana kita berasal dan selalu mempelajari hal yang baru.

bersilaturahmi dan menjembatani hubungan baik dengan masyarakat Australia lewat seni dan budaya. Sesuai dengan ilmu yang saya dapat selama mengenyam pendidikan di STSI Bandung dan ISI Denpasar. Anda saat ini dikenal dunia sebagai musisi. Anda orang Hebat dan apakah ada sebuah hal yang belum tercapai? Sebetulnya saya sendiri tidak merasa hebat, karena masih banyak musisi-musisi baik senior maupun junior yang jauh lebih hebat dari saya. Sampai saat ini saya masih terus belajar dan belajar, karena meskipun banyak pengalaman yang saya dapatkan, saya merasa masih banyak kekurangannya. Ada beberapa hal yang belum tercapai diantaranya memberikan kontribusi kepada negara Indonesia dimana saya berasal, agar seni dan budaya kita lebih dikenal dan dicintai bangsabangsa diseluruh dunia, sebagaimana mereka mengenali dan mencintai budaya sendiri. Dan saya berharap agar generasi muda Indonesia sekarang lebih pro aktif untuk mempelajari dan menghargai seni dan budaya Indonesia yang beraneka ragam. Saya sendiri iri melihat beberapa orang Australia yang sangat antusias mempelajari dan menghormati seni budaya Indonesia. Siapa inspirasi Anda dalam hidup sehingga Anda jadi Hebat seperti saat ini? Ibu, (alm) bapak dan (alm) kakek saya adalah inspirator yang paling besar dalam hidup saya. Buat saya pribadi, mereka adalah orang-orang yang hebat meskipun tidak banyak orang mengenalnya. Mereka sangat hebat dalam mendidik, membimbing dan menjadikan saya, sampai bisa seperti sekarang ini. Menurut mereka, bidang apapun yang ditekuni, selama saya kerja keras, yakin dan percaya diri, tentu akan tercapai apa yang diinginkan. Dan selalu mempelajari hal yang baru dalam hidup. Manfaatnya akan terasa buat kita sekarang maupun anak cucu kita nanti. Efiq Zulfiqar setelah lulus SMA tahun 1989, memutuskan untuk belajar di ASTI/STSI Bandung jurusan Karawitan, lalu 1994 ia melanjutkan ke Sekolah Tinggi Seni Indonesia, Denpasar dan lulus tahun 1997, lama bereksploari dengan musisi tanah air maka pada tahun 2005 ia memutuskan hijrah

ke Australia dan bekerja di sejak 2006 di Musica Viva Australia. Kini jika namanya di belahan negara kang Kunguruu ini sudah tak asing lagi, terutama untuk kalangan musik kontemporer dan etnik. Penguasaan alat semua intrument ia kuasai, mulai dari alat tiup sampai alat musik pukul, baik modern maupun tradisional. Tahukan Anda bahwa orang hebat tidak harus datang dari yang kuat? Apakah Anda setuju? Mohon komentarnya? Betul sekali, saya sangat setuju karena kekuatan tanpa keyakinan dan cita-cita yang tinggi, tidak akan menjadi sehebat yang kita perkirakan. Kehebatan juga bisa didapatkan dari suatu kesederhanaan dan kekurangan. Tapi yang paling penting dan utama adalah persiapan mental untuk menghadapi hal-hal yang tak terduga dalam kehidupan, baik itu ketenaran, kehebatan bahkan keterpurukan. Yang jelas apapun yang menghampiri kita, harus siap dan legawa dalam menghadapinya. Tahun 2009 saya didiagnosa menderita penyakit gagal ginjal, sampai harus melakukan cuci darah setiap hari selama hampir 2 tahun lebih. Saya hampir putus asa dan selama itu saya hampir berhenti beraktivitas sebagai musisi. Akan tetapi karena musik sudah menjadi bagian dari hidup saya, maka saya jadikan musik itu sebagai terapi buat saya, dan tetap berkeyakinan bahwa setiap ada kemauan pasti ada jalan. Terlepas dari itu Saya bahkan sempat membuat beberapa komposisi yang berhubungan dengan penyakit ginjal saya. Diantaranya ; Ginjal Ganjil, Potassium, Tulalit dll. Berkat do’a dan keyakinan tersebut, alhamdulillah saya mendapat transplant ginjal. Saya tidak perlu menjalani cuci darah lagi. Dan itu menjadi momentum saya untuk membuka lembaran baru. Dan kembali beraktivitas sebagai musisi, bahkan saya sekolah lagi menjadi graphic designer sampai sekarang. Apa resep Anda sehingga Anda dikenal dan jadi orang Hebat dunia? Resepnya adalah keyakinan, kerja keras, mentalitas, cita-cita yang setinggi-tingginya, tetap ingat dari mana kita berasal dan selalu mempelajari hal yang baru. Siapa sebenarnya mendorong spirit Anda sehingga Anda saat ini menjadi seperti sekarang ini? Adalah Ibu yang menyekolahkan saya sampai lulus sarjana. Padahal waktu itu ibu cuma bekerja sebagai karyawan pabrik textil di Bekasi. Meskipun dengan gaji pas-pasan, tapi mampu menyekolahkan saya hingga lulus sarjana. Karena bapak saya meninggal waktu saya masih kelas 2 SMA. Cuma ibu harapan satu-satunya dan ibu juga yang mendorong terus secara spiritual supaya saya tetap yakin dengan apa yang saya jalani dan cita-citakan. Punyakah angan-angan untuk konser sendiri? Tentunya hampir setiap musisi beranganangan untuk melakukan konser sendiri. Akan tetapi sebaliknya angan-angan saya adalah melakukan konser reuni bersama teman-teman musisi yang dulu pernah bekerjasama dan berjuang dengan saya. Karena sebetulnya, merekalah guru-guru saya sehingga sampai bisa seperti sekarang ini.

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

51


SENI

Foto: istimewa

Lukisan Mahal Bacon di Balai Lelang Karya-karya besar lukisan master kini bermunculan dan mahal di balai lelang. Selain itu kini harganya melambung sampai triliyunan. Sebuah lukisan karya Francis Bacon menjadi karya seni termahal yang pernah dijual di balai lelang dengan rekor penjualan US$142 juta (sekitar Rp1,6 triliun) di New York, Amerika Serikat.

Lukisan

Bacon yang berjudul Three Studies of Lucian Freud (1969) ini terdiri dari tiga gambar. Sang seniman dan juga sekaligus kawan dekat Bacon. Karya ini terjual setelah proses tawar menawar selama enam menit yang "cukup ganas", kata balai lelang Christie's. Harga ini melampaui penjualan karya Edvard Munch yang berjudul The Scream tahun lalu sebesar US$119,9 juta. Ini adalah pertama kalinya Three Studies of Lucian Freud ditawarkan dalam lelang dan penawaran dibuka pada harga US$80 juta. Balai lelang tidak mengungkap siapa identitas pembeli lukisan ini. Francis Outred, kepala seni kontemporer dan pasca perang Christie's Eropa, mengatakan lukisan Bacon merupakan "sebuah maha karya dan salah satu lukisan terbesar yang di lelang dalam era masa kini". "Ini menandai hubungan Bacon dan Freud, merepresentasikan kekerabatan kreatif dan hubungan emosional antara dua seniman ini," tambahnya. Bacon dan Freud bertemu pada tahun 1945 dan menjadi sahabat dekat. Mereka sering melukis satu sama lain, sebelum hubungan mereka merenggang selama tahun 1970-an. Francis Bacon lahir di Dublin pada 1909. Karyanya yang lain, juga dilelang dengan harga tinggi. bacon memang saat ini sedang menjadi bintang. Apakah Anda berminat mengkoleksi karyanya? bbc/am

52

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013


SENI

Kolaborasi antara Perusahaan Teater Nasional Korea dan Cina menghasilkan karya yang tidak biasa: adaptasi baru drama Romeo dan Juliet karya Shakespeare, dengan latar belakang Revolusi Budaya Cina.

Romeo & Juliet rasa Cina

L

atar untuk kisah ini beralih dari Verona abad ke-16 menjadi Cina akhir tahun 1960an. Romeo adalah anggota Garda Merah. Ia bergabung dalam sebuah kelompok radikal fiktif bernama Serikat Pekerja, yang mewakili buruh. Sementara Juliet adalah penari propaganda muda dari faksi Tentara Shaoshan. Kelompok yang juga fiktif dan bagian dari Garda Merah ini terdiri dari anak-anak tentara yang ingin menjadi tentara. Dibandingkan dengan standar Serikat Pekerja, pendekatan Tentara Shaoshan terhadap Revolusi Budaya relatif moderat. Romeo, yang menganggap dirinya sebagai pekerja loyal, menganggap tentara sebagai musuhnya. Namun ia menyaksikan Juliet tampil dalam sebuah festival tarian dan jatuh cinta padanya. Meski tidak ditampilkan di panggung, keberadaan Mao Zedong sangat terasa di sini. Drama ini dirintis tahun lalu untuk memperingati perayaan 20 tahun hubungan diplomasi Cina dan Korea Selatan. Karya ini ditampilkan perdana di Seoul Desember lalu. Kedua lembaga seni tersebut sepakat tampil di Cina tahun ini sebagai sebuah proyek pertukaran budaya. Sutradara Tian Qinxin dihadapkan pada

Foto: istimewa

sejumlah tantangan dalam menampilkan karya adaptasi ini. “Romeo dan Juliet” awalnya diadaptasi ke bahasa Cina, lalu diterjemahkan ke bahasa Korea. Tian bekerja sama dengan tiga penerjemah sambil mengarahkan aktor-aktor Korea. Bagian tengah panggung berupa atap raksasa. Romeo, Juliet, dan tokoh-tokoh lain memanjat atap dan melompat turun sepanjang pertunjukan. “Menurut saya, cinta dan masa muda tidak dapat dipisahkan, dan keduanya dapat menjadi sangat ekstrem dan radikal,” ujar Tian. “Tidak ada titik tengah. Kita terus dihadapkan pada dua sisi yang ekstrem tersebut. Atap dan tanah dimaksudkan menjadi simbolisasi hal itu.” Tian tengah bersiap menggelar penampilan perdana karya ini di Cina, tepatnya di Teater Nasional Cina di Beijing, Minggu dan Senin. Berikutnya di Teater Seni Shanghai sebagai bagian dari Festival Seni Internasional Cina Shanghai pada 15 dan 16 November. Penampilan di Cina ini akan dibawakan dalam bahasa Korea, dengan teks bahasa Inggris dan Cina terpampang di latar. Claire Lee/ WSJ

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

53


DUNIA

Foto: istimewa

Topan Haiyan

Jumlah Korban Terbesar Kalahkan Tsunami Aceh Topan Haiyan saat ini memang sudah bergerak jauh dari Filipina dan menyentuh Vietnam. Namun para peneliti cuaca mengkhawatirkan adanya topan baru yang akan menyerang Filipina.

S

ejak menerpa Filipina pekan lalu, Topan Haiyan sudah menewaskan lebih 10 ribu warga. Sementara sekitar 10 juta warga terpengaruh oleh Topan Haiyan. Menurut badan meteorologi Filipina, diperkirakan ada topan baru yang

54

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

akan mendekat wilayah selatan dan pusat Filipina. Pihak pengawas cuaca Filipina itu menyebutkan, ancaman cuaca buruk terbaru ini bisa memicu terjadi banjir di wilayah yang sudah hancur dihantam Topan Haiyan. "Topan terbaru diperkirakan akan


DUNIA

menerpa wilayah Pulau Mindanao pada Pertengahan November 2013 dan bergerak ke wilayah pusat seperti Pulau Bohol, Cebu, Negros dan Panay. Semua wilayah itu mengalami kerusakan akan terjangan topan," ujar pengawas cuaca Filipina, Connie Davidas, seperti dikutip Reuters, Senin (11/11/2013). "Topan itu bisa membawa curah hujan dengan kekuatan sedang atau sekitar 15 milimeter per jam," lanjutnya. Topan Haiyan menghantam Filipina dengan kecepatan 315 kilometer per jam. Kekuatan tersebut masuk dalam kategori lima yang menimbulkan kerusakan besar. Usai menyerang Filipina, Topan Haiyan saat ini menyapu Vietnam namun dengan kekuatan kecil mencapai 120 kilometer per jam. Topan tersebut dilaporkan sudah melewati daerah wisata Ha Long Bay. Pemerintah Vietnam dilaporkan sudah melakukan evakuasi terhadap sekira 600 ribu warganya, guna mengantisipasi jatuhnya korban. Sekira 1.000 keluarga di Ha Long Bay juga sudah dievakuasi ke tempat aman. Korban tewas akibat Topan Haiyan yang melanda Filipina mulai dimakamkan secara massal. Pemakaman tersebut berlangsung di tempat pemakaman yang berada di luar Kota Tacloban. Upacara pemakaman pun berlangsung sepi, ketika tidak ada pendeta yang memimpin doa. Sementara itu para pekerja tampak sibuk menggali dan menguburkan peti yang berisi jasad para korban. "Saya harap ini terakhir kali saya melihat pemandangan seperti ini. Hari ini hanya mengingatkan kembali apa yang terjadi sejak awal topan menyerang hingga saat ini," ujar Wali Kota Tacloban Alfred Romualdez, seperti dikutip Reuters, Kamis (14/11/2013). Pihak pejabat Filipina sudah melalukan berbagai cara untuk melakukan identifikasi terhadap keluarga korban. Ini memungkinkan keluarga korban bisa mencari tahu apa yang dialami oleh anggota keluarga mereka. Sementara ada beberapa korban yang dikuburkan dengan cepat demi mencegah penyebaran penyakit. Pemakaman dilakukan terhadap 150 orang di Palo, Leyte pada Selasa 12 November 2013. Sedangkan di Barangay Paon, sekira 55 mayat yang belum teridentifikasi, dikubur pada Minggu 10 November 2013, mereka diyakini sebagai nelayan yang berasal dari Masbate. Hingga saat ini, dilaporkan 2.357 orang dilaporkan tewas akibat terjangan topan yang melanda Jumat 8 November 2013. Diperkirakan jumlah korban akan terus bertambah.

Uluran tangan pun untuk menolong para korban pun berdatangan mulai dari Amerika Serikat yang segera mengirim kapal induk ke Filipina Menteri Pertahanan Amerika Serikat Chuck Hagel telah memerintahkan kapal induk USS George Washington dan kapalkapal Amerika lainnya menuju ke wilayah Filipina yang diterjang Topan Haiyan, kata Pentagon pada Senin (11/11). Kapal induk dengan lebih dari 5.000 pelaut dan 80 pesawat itu saat .sudah menolong korban. Para awak kapal ditarik lebih awal. Rusia juga telah mengirimkan tim penyelamat yang terdiri atas 200 orang ke Filipina yang dilanda topan dahsyat jika permintaan formal dibuat, kata Juru Bicara Kementerian Situasi Darurat Rusia pada Minggu (9/11) seperti dikutip kantor berita RIA Novosti. Menurut dia, enam pesawat sedang dipersiapkan untuk terbang ke Filipina dan enam tim anjing pelacak bisa dikerahkan untuk membantu operasi pencarian korban di reruntuhan-reruntuhan bangunan. Salah satu topan terkuat dalam catatan sejarah yang dinamai Topan Haiyan menyapu Filipina dan menghancurkan kota-kota kecil dan besar. Presiden Benigno Aquino mengirimkan ratusan tentara ke kota Tacloban untuk menghentikan penjarahan, sementara laporan lain memperlihatkan pemandangan kehancuran di kawasan lain yang belum tersentuh tim penyelamat maupun angkatan bersenjata. Pemerintah tidak memberikan konfirmasi mengenai perkiraan korban tewas yang mencapai 10 ribu jiwa, namun korban tewas akibat Haiyan, salah satu topan terkuat yang pernah melanda daratan jelas jauh di atas hitungan resmi sebanyak 255 orang. Angkatan Bersenjata pada Senin melaporkan korban tewas mencapai 942 orang. "Situasinya sangat buruk, kehancuran yang ditimbulkan besar. Dalam beberapa kasus terjadi kerusakan total," kata Sekretaris Kabinet Rene Almendras. Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan para pejabat di Tacloban, kota yang terparah terkena bencana pada Jumat itu, melaporkan adanya kuburan masal dengan 300 hingga 500 mayat. Lebih dari 600 ribu orang mengungsi akibat badai tersebut dan sebagian lain tidak memiliki akses untuk mendapatkan makanan, air dan obatobatan, kata PBB. Tacloban yang sudah rata oleh ombak tinggi dan angin berkekuatan 378 km per jam di 580 km selatan Manila itu hanya bergantung pada tiga pesawat militer yang terbang dari kota terdekat Cebu untuk mendapatkan makanan

maupun untuk evakuasi. Puluhan warga berteriak-teriak di pintu bandara meminta bantuan. "Tolong kami, tolong kami. Dimana Presiden Aquino? Kami butuh air, kami sangat haus," teriak seorang perempuan. "Kapan kalian akan mengangkat mayatmayat itu dari jalanan?" Haiyan diperkirakan menghancurkan 70 hingga 80 persen infrastruktur yang dilaluinya saat melanda provinsi Leyte dan Samar. Kerusakan di sentra produksi kelapa dan padi itu diperkirakan mengakibatkan kerugian hingga 3 miliar peso (69 juta dolar AS), kata Citi Research dalam laporannya, dengan kerugian terbesar akibat rusaknya bangunan-bangunan milik penduduk. Sebagian besar kerusakan dan kematian itu diakibatkan oleh ombak besar yang menenggelamkan kota-kota dan menyapu desa-desa di sepanjang pantai, sebuah pemandangan yang digambarkan oleh beberapa petugas seperti tsunami di Lautan Hindia pada 2004 silam. Mayat-mayat bergelimpangan di jalanan di Tacloban, membusuk akibat sengatan matahari sehingga menimbulkan ancaman kesehatan. Badan bantuan internasional mengatakan pasok untuk bantuan di Filipina sudah menipis setelah gempa bumi berkekuatan 7,2 skala richter melanda provinsi Bohol bulan lalu, dan juga adanya pengungsian akibat konflik dengan pemberontak muslim di provinsi Zamboanga. Operasi pemberian bantuan juga terhambat oleh jalan-jalan, bandara serta jembatan yang rusak atau tertutup reruntuhan bangunan. Krisis di kawasan yang dilanda bencana tersebut dikhawatirkan semakin bertambah dengan adanya prakiraan hujan deras pada Selasa. Seorang pemilik toko Awelina Hadloc mengais-ngais mencari mie instan di sebuah gudang yang nyaris kosong dijarah. Ia mengatakan tokonya tersapu ombak setnggi 3 meter. "Situasi ini sangat sulit. Ini seperti kami harus memulai dari awal," kata perempuan berusia 28 tahun itu. "Tidak ada lagi pasokan di gudang dan mal-mal." Aquino yang menghadapi satu tantangan terbesar dalam tiga tahun masa kepemimpinannya mengirimkan 300 tentara dan polisi untuk memulihkan keamanan di Tacloban menyusul penjarahan beberapa toko. Aquino yang sebelum badai melanda menyatakan pemerintah menginginkan tidak ada korban jiwa dalam bencana itu menunjukkan kekesalan pada kesimpangsiuran laporan mengenai kerusakan dan korban jiwa. Salah satu

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

55


DUNIA

saluran televisi mengutip Presiden mengatakan kepada ketua badan bencana nasional bahwa ia sudah hilang kesabaran. Korban jiwa bisa bertambah Jumlah korban tewas akibat badai tersebut masih bisa meningkat setelah tim penyelamat mencapai desa-desa terpencil di sepanjang pantai, seperti Guiuan, kota

56

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

di timur provinsi Samar berpenduduk 40 ribu jiwa yang rusak parah. "Satu-satunya alasan kenapa kami tidak memiliki laporan mengenai korban jiwa sampai saat ini adalah sistem komunikasi terputus," kata Kol. John Sanchez dalam akun Facebook angkatan bersenjata. Sekitar 300 orang tewas di Samar,

kata pejabat dari badan bencana provinsi. Baco, kota berpenduduk 35 ribu jiwa di provinsi Oriental Mindoro 80 persennya tergenang air, kata PBB. Berbagai kelompok pemberi bantuan AS juga meluncurkan kampanye untuk mengumpulkan bantuan bernilai jutaan dolar. Seorang pejabat World Vision mengatakan, berdasar laporan awal sekitar


DUNIA

Foto-foto: istimewa

90 persen kawasan di utara Cebu rusak parah. Sementara tim bantuan dari Oxfam melaporkan "kerusakan total" di ujung utara wilayah Cebu. Sementara itu sebanyak 13 orang tewas dan puluhan lainnya cidera akibat angin kencang dan badai saat Haiyan mendekati pantai di Vietnam, demikian dilaporkan media pemerintah, meskipun kekuatan badai sudah menurun setelah menyapu Filipina. Australia berjanji akan memberikan dana bantuan tambahan sebesar Rp 230 milliar kepada korban topan Haiyan. Dengan ditambahnya bantuan kepada Filipina, total dana yang telah dikeluarkan negeri Kangguru menjadi sebesar Rp348 miliar. Selain bantuan dalam bentuk dana Perdana Menteri Australia, Tony Abbott berjanji akan mengirimkan tambahan pasukan Pertahanan Australia yang bertugas untuk membantu penyedian logistik. “Sebagai teman dan tetangga yang baik Austaralia akan selalu berada di samping Filipina sebagai bentuk kepedulian atas bencana yang terjadi,� ujar Abbott, seperti dikutip dari Sydney Morning Herald, Kamis (14/11/2013). Dana tambahan dari Australia dijelaskan Abbott akan digunakan untuk penyaluran nutrisi, kesehatan bocah korban Haiyan , perlindungan bila dibutuhkan, pembelian makanan darurat dan penyediaan logistik. .Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperkirakan ada 11 juta orang yang terkena imbas dari Haiyan. Mereka juga meminta komunitas internasional agar bisa mengumpulkan dana bantuan sekitar Rp3.482 Triliun lagi, agar semua bantuan bisa tersedia dengan cukup di Filipina. Negeri Matahari .Jepang tidak ketinggalan juga telah mengirimkan 1.000 tentara ke kawasan di Filipina yang dilanda topan Haiyan (atau Yolanda dalam penamaan Filipina) untuk membantu proses tanggap darurat. Pernyataannya itu diberikan sehari setelah Tokyo mengirimkan 50 anggota Pasukan Bela Diri Jepang untuk membantu kegiatan medis dan operasi transportasi pasca permintaan bantuan dari Manila. Tiga kapal Angkatan Laut Bela Diri Jepang dan pesawat dalam jumlah yang tidak disebutkan diusulkan mendampingi kontingen bantuan Jepang, menurut Jiji Press, Rabu. "Kami akan terus berkonsultasi dengan pemerintah Filipina tentang ukuran penyebaran itu jika mungkin diperlukan," kata pejabat Kementerian Pertahanan Jepang. Para prajurit itu akan fokus pada kota Tacloban yang hancur setelah salah satu topan terbesar yang tercatat dalam sejarah menghancurkan seluruh warga di seluruh penjuru bagian tengah negara pulau itu. Ibukota provinsi itu adalah kota Filipina pertama yang dibebaskan dari pasukan pendudukan Jepang oleh pasukan Amerika Serikat pada 1944 saat Perang Dunia II. Ribuan orang dikhawatirkan tewas di Filipina sementara 660.000 kehilangan tempat tinggal mereka, menurut PBB. Pemerintah Jepang juga mengatakan, akan memberikan bantuan sebesar 10 juta dolar Amerika Serikat, untuk menyediakan tempat penampungan darurat bagi pengungsi dan bantuan lainnya melalui sejumlah organisasi kemanusiaan. Di Indonesia Ketua Palang Merah Indonesia Muhammad Jusuf Kalla menegaskan pihaknya menyalurkan bantuan yang berasal dari pemerintah Indonesia maupun anggota masyarakat. Jadi inilah bencana alam terbesar di Asia Tenggara pasca gempa Tsunami di Acrh tahun 2004 lalu. Muhammad Jusuf /am

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

57


Internasional

Negara Israel Raib dari Peta Dunia

Foto: istimewa

Negara Israel menghilang di banyak buku pelajaran. Juga di sebuah buku anak-anak yang diterbitkan Scholastic Inc, penerbit terbesar di dunia. Disengaja?

A

DINDA Golombek bingung. Kepada anak lelakinya, ia ingin menunjukkan di mana mereka tinggal di Timur Tengah. Karena, mereka baru pada tahu lalu tinggal di Yerusalem, Israel. Sebelumnya, mereka menetap di Kanada. "Saya ingin menunjukkan anak saya di mana kami tinggal di Timur Tengah , tapi saya tidak melihat Israel di peta, melainkan negara Palestina," kata Adinda Golombek, seperti dilaporkan surat kabar Times of Israel. Ketika itu, Golombek dan anaknya sedang membaca buku kisah petualangan Thea Stilton and Blue Scarab Hunt, yang diterbitkan oleh penerbit terbesar di dunia, Scholastic Inc. Dalam buku itu dikisahkan lima tikus remaja yang diundang ke Mesir untuk berpartisipasi dalam sebuah penggalian arkeologi. Sebagian besar kisahnya berlatar Timur Tengah dan pada halaman awal buku ada sebuah peta dunia. Di sana juga ada penjelasan tentang negara Mesir modern dengan semua negara tetangganya, kecuali negara Israel. Pada peta itu bisa dilihat dengan jelas Sudan, Libya, dan Arab Saudi pada tempat yang tepat. Tapi, untuk negara Israel sepenuhnya ditutupi oleh Yordan, dengan wilayah kedua negara merata berwarna merah. Menanggapi kasus ini, seorang wakil presiden senior untuk komunikasi korporat di Scholastic,

Saya ingin menunjukkan anak saya di mana kami tinggal di Timur Tengah , tapi saya tidak melihat Israel di peta, melainkan negara Palestina.

Kyle Baik , mengatakan kepada Times of Israel bahwa perusahaannya sekarang mencoba mencari tahu apakah "ini akan dikoreksi pada waktu cetak ulang" . "Seri The Geronimo Stilton diterbitkan di Italia dan Scholastic Inc menerjemahkan buku-buku untuk khalayak di Amerika Serikat. Saya menunggu tanggapan dari tim editorial mengenai saat cetak ulang dan apakah ini akan diperbaiki . Saya akan menginformasikan kepada Anda segera setelah saya mendapat jawaban dari mereka,� Baik. Namun, sampai berita ini diturunkan belum ada penjelasan lagi dari pihak Scholastic Inc. Penerbit Scholastic Inc. didirikan di Pennsylvania pada tahun 1920. Scholastic Inc. adalah perusahaan penerbitan terbesar di dunia yang dikenal dengan buku-buku yang memuat materi pendidikan untuk anak-anak, orang tua, sekolah, dan guru . Penerbit Ini mendistribusikan buku anakanak melalui klub bukunya, sumber-sumber pengajaran, dan pameran buku populer yang diadakan di banyak sekolah di Amerika Utara. Juga lewat penjualan di internet. Perusahaan inilah yang memiliki hak penerbitan eksklusif untuk seri Harry Potter di Amerika Serikat . Sebenarnya, ini bukan pertama kalinya negara Israel “menghilang� dari peta dunia. Menurut sebuah studi terbaru, 96% buku pelajaran sekolah Palestina tidak menyebutkan negara Israel dalam peta mereka. Sebaliknya, 87% buku pelajaran sekolah Israel tidak memiliki garis antara Israel dan Palestina atau tidak mencantumkan nama Palestina sama sekali. Kasus lain yang mirip kasus hilangnya Israel dari Peta melibatkan Apple dan sistem operasi iOS 7, yang hadir September lalu. Tak lama setelah dirilis terungkap opsi jam dunia baru pada iOS 7 terdaftar nama Yerusalem, bukan negara Israel. MJF

58

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013


Internasional

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

59


IPTEK

Ilmuwan:

Komet Pertama Jatuh ke Bumi 28 Juta Tahun Lalu Foto: istimewa

Para peneliti Afrika Selatan mengatakan bukti menunjukkan komet menghantam bumi sekitar 28 - juta tahun lalu, di sebuah padang pasir di Mesir Barat.

P

ara peneliti Afrika Selatan mengatakan telah menemukan bukti konklusif tentang komet pertama yang pernah diketahui jatuh ke bumi. Mereka mengatakan penemuan yang menarik di daerah pedesaan Mesir itu bisa membantu semakin menjelaskan rahasia alam semesta. Para ilmuwan menambahkan bahwa bukti menunjukkan komet menghantam bumi sekitar 28 juta tahun lalu, di sebuah padang pasir di Mesir Barat. Mereka mengatakan partikel kecil dari batu hitam seperti kaca yang ditemukan di sana adalah serpihan komet. Para ilmuwan Afrika Selatan menunjukkan temuan mereka itu bulan lalu di Universitas Witwatersrand di Johannesburg.

60

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

David Block adalah seorang profesor di universitas itu. Dia mengatakan jatuhnya meteor dan asteroid ke bumi adalah gejala yang cukup umum. Tapi komet yang mengenai bumi, katanya, langka dan menarik. “Karena komet adalah bola salju kotor yang tidak hanya terdiri dari batu, tetapi juga bercampur dengan es. Poinnya adalah bahwa atom-atom yang bisa memulai kehidupan seperti karbon, oksigen, nitrogen, argon, neon, kripton, datang dari luar tata surya. Ini adalah butir debu kosmik yang ada sebelum terbentuknya tata surya kita kita. Jadi ini mengandung rahasia unik komposisi kimia dari awan-awan gas dan debu yang hancur untuk membentuk matahari dan planet-planet di sekelilingnya,� papar David Block.


Iptek

Google Ciptakan Peta Perubahan Hutan

Profesor David Block

Foto: istimewa

Karena komet adalah bola salju kotor yang tidak hanya terdiri dari batu, tetapi juga bercampur dengan es. Poinnya adalah bahwa atom-atom yang bisa memulai kehidupan seperti karbon, oksigen, nitrogen, argon, neon, kripton, datang dari luar tata surya. Ini adalah butir debu kosmik yang ada sebelum terbentuknya tata surya kita kita. Jadi ini mengandung rahasia unik komposisi kimia dari awan-awan gas dan debu yang hancur untuk membentuk matahari dan planet-planet di sekelilingnya.

Beberapa ilmuwan mengatakan mungkin jatuhnya komet seperti itulah yang membunuh dinosaurus 65 juta tahun lalu. Tapi, tidak ada bukti yang kuat mengenai ini. Marco Andreoli bekerja untuk Perusahaan Energi Nuklir Afrika Selatan. Ia mengatakan tidak ada orang yang melihat jatuhnya komet ke bumi dan hidup untuk menceritakan hal itu. Hal ini disebabkan karena komet biasanya membakar semua benda hidup yang dilaluinya hingga menjadi abu. Namun, menurut Professor Andreoli bukti jatuhnya komet ke bumi ini jelas. "Kami sedang menyelidiki fenomena astronomi," katanya. Sementara, Jan Kramers dari Universitas Johannesburg mengatakan komunitas ilmuwan terbagi atas temuan-temuan kelompoknya bahwa serpihan batuan itu adalah komet. Para peneliti mengatakan mereka berharap penelitian tambahan dari serpihanserpihan komet itu akan membantu mereka mempelajari lebih banyak tentang permulaan alam semesta kita.

Inovasi Google Earth tak henti-hentinya. Kini ia ciptakan sebuah peta global perubahan kawasan hutan yang memiliki resolusi tinggi dan manfaatnya. Alat interaktif online ini dapat akses oleh publik dan dapat melihat lokasi secara detail dengan tingkat resolusi yang tinggi 30m. Peta tersebut memuat grafik tentang perjalanan hutan dunia dari tahun 2000 sampai 2012, berdasarkan pada 650.000 citra satelit oleh Landsat 7. Selama itu, Bumi kehilangan "hutan" dengan luas sama dengan Mongolia, pohon-pohon tersebut digambarkan dapat menutupi enam kali wilayah Inggris. Perkembangan upaya pengurangan penggundulan hutan dibarengi dengan kerusakan hutan di Indonesia, Malaysia, Paraguay dan Angola, menurut penelitian yang ditulis dalam jurnal Science. "Ini merupakan peta pertama perubahan hutan yang secara global konsisten dan memiliki relevansi secara lokal," kata Prof Matthew Hansen dari Universitas Maryland, pemimpin tim yang menciptakan peta tersebut. "Apa yang dapat dilakukan oleh sebuah komputer selama 15 tahun dapat diselesaikan dalam beberapa hari dengan menggunakan Google Earth Engine." Penelitian tersebut menyebutkan angka penting dalam perubahan hutan dari 2000-2012 - berdasarkan citra satelit. Dunia kehilangan 2,3 juta kilometer persegi dari hutan di periode tersebut, akibat penebangan, kebakaran, penyakit atau bencana. Tetapi planet juga mendapatkan tambahan kawasan hutan baru seluas 800.000 kilometer persegi, dengan jumlah total kerusakan 1,5 kilometer persegi. Dibandingkan negara lain, kondisi hutan Brasil menunjukan perbaikan, dengan menurunkan tingkat kerusakan hutan antara 2003-04 dan 2010-2011. Sementara, kerusakan hutan di Indonesia meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan jumlah penggundulan hutan per tahun yang mencapai 20.000 kilometer pada 2011-12. Paraguay, Malaysia dan Kamboja memiliki tingkat kerusakan hutan tertinggi. Secara keseluruhan, hutan tropis meningkat hingga 2.100 kilometer persegi per tahun, menurut penelitian tersebut. Peta tersebut akan secara rutin diperbaharui dan dapat digunakan mengkaji efektivitas program manajemen hutan. Hal itu juga dapat membantu kelompok pemerhati lingkungan terhadap dampak deforestasi - termasuk ancaman terhadap keberagaman hayati, penyimpanan karbon dan perubahan iklim. voa/AM

voa/AM

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

61


GALERI

Geledah KPK bak Densus 88, 1 Milyar Didapat, PPI Meradang

L

ebih kurang 15 penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi menggeledah rumah pasangan Athiyah Laila-Anas Urbaningrum di bilangan Durensawit, Jakarta Timur, Selasa (12/11). Penggeledahan di kediaman Athiyah Laila itu karena penyidik mengendus adanya jejak tersangka Mahfud Suroso di tempat tersebut. Penggeledahan di kediaman Athyyah berlangsung sekitar pukul 11.00 WIB sampai pukul 17.20 WIB. Bagaikan sedang menyergap kediaman penjahat sadis dan juga seperti sedang mengidap paranoia alias parno, belasan penyidik KPK dikawal oleh sekitar setengah lusin polisi lengkap dengan senjata laras panjang otomatis dan tampang yang disangar-sangarkan. Penggeledahan juga bukan hanya dilakukan oleh di kediaman pasangan Athiyah Laila-Anas Urbaningrum , tapi juga di Rumah Pergerakan, tempat Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI) selama ini beraktivitas, yang berseberangan dengan rumah keluarga Athiyah Laila-Anas Urbaningrum. Bahkan, menurut anggota PPI, Yoyo, penyidik KPK juga menyita uang kas PPI. “Jumlahnya ada lebihkurang Rp 1 miliar,” ujar Yoyo. Dalam proses penggeledahan itu, Athiyah Laila sempat keluar dari Rumah Pergerakan menuju rumahnya, mengikuti penyidik KPK, namun Foto-Foto: AENDRA MEDITA

62

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

perempuan berkerudung itu tidak mau berkomentar. Seperti diungkapkan Mahfud Suroso, komisaris PT Dutasari Citralaras, ia memang memiliki hubungan keluarga dengan Athiyah Laila. Namun, pasangan Athiyah-Anas, kata Mahfud, sama sekali tidak terlibat dalam kasus Hambalang. "Saya klarifikasi di sini, semua tidak benar. Saya orang muslim. Anas dan Athiyah itu tidak mengerti soal proyek," ungkap Mahfud. PT Dutasari Citralaras, tambah Mahfud, juga sudah lama mendapatkan proyek. “Dari tahun 1992. Masak saya mendapatkan proyek dari Anas? Tidak ada untungnya sama sekali. Saya jamin itu tidak ada kaitannya dengan Anas," kata Mahfud. Athiyah Laila sendiri pernah menjadi komisaris PT Dutasari Citralaras. Tapi, menurut sumber ASATUNEWS.com, Athiyah Laila mengundurkan diri ketika suaminya, Anas Urbaningrum, maju sebagai calon anggota legislatif. “Dia mundur dari PT Dutasari Citralaras awal tahun 2009. Ketika menjadi komisaris itu, sebenarnya Athiyah juga hanya dipinjam namanya. Surat pengunduran Athiyah resmi dan disahkan notaris,” tutur sumber kami. Foto-foto inilah yang jadi saksi. atas pengeldahan seperti akan menangkap terotis. Aneh memang. DjE


Foto-Foto: AENDRA MEDITA

GALERI

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013

63


64

ASAtunews | edisi 5/th. I/November 2013


Asatunews #5