Issuu on Google+

Bus Design Tutor Bus atau bis adalah sebuah moda transortasi massal yang unik untuk diperhatikan. Paparan ini mungkin konsep global dari perancangan sebuah bus yang mendasari akan fungsi bus tersebut. Dari sini kita akan semakin dekat dan kenal dengan alat transportasi ini. Semoga bermanfaat. 1. Hard point Langkah mendasar pertama yang harus ditentukan adalah hard point yaitu ketentuan-ketentuan umum yang harus dipenuhi atau kondisi yang ada dimana tidak bisa dirubah, misal: - Chassis unit (posisi engine, grill, air intake, steering, fuel tank, bagasi , ECU dll Item-item tersebut berasal dari Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) atau pabrikan, pun kalau harus ada perubahan harus ada uji landasan atau rekomendasi bahkan sertifikat . - Overall dimension kendaraan harus mengikuti ketentuan yang berlaku sesuai regulasi dan masing-masing chassis mempunyai beda type standar ukuran dimana harus disesuaikan sehingga diperoleh standarisasi produk. - Regulation seperti halnya jumlah tempat duduk, jumlah pintu, penghilangan pintu sopir, pintu darurat, jumlah pintu penumpang dll, dimana di Indonesia saat ini ditentukan oleh Dinas Perhubungan sebagai pemegang kebijakan. - Teknis body builder yaitu adanya alat dan proses yang sudah dirancang untuk industri pembuatan bus itu sendiri (body builder/karoseri). Semakin baik proses dan maju teknologi sebuah industri karoseri maka bisa meningkatkan kualitas output produk, selain faktor man power dan man hour.

Anatomi chassis mempengaruhi struktur main body bus.


Layuot chassis mempengaruhi package layout bus.

2. Requirement specification Setelah hard point sebagai ketentuan utama sudah terdefinisi maka yang harus ditentukan adalah spesifikasi teknis dari bus itu sendiri akan dibuat seperti apa, berfungsi apa dan mempunyai karkter apa? Spesifikasi atau ketentuan tersebut merupakan deal antara kebutuhan customer, pabrikan, atpm distributor, supplier dll. Requirement specification antara lain: - jenis/ model/ disain eksterior dan interior - fungsi teknis operasional/ fitting the man to the task, ergonomi atau kenyamanan pengguna dan operator - creative problem solving, total solution dalam mencapai sasaran point disain yang diinginkan. - sales point / product compare yaitu keunggulan dari produk itu dibandingkan dengan kompetitor (bagi pabrikan wajib ada). Ini merupakan target puncak dari suatu produk yang akan menambah nilai (added value) produk tersebut baik bagi customer sebagai pemilik atau pabrikan sebagai pembuatnya. - material, general parts dan accecories, tidak semua parts tersedia lengkap sehingga harus dicari dari beberapa supllier dimana nantinya kita harus menyesuaikan produk tersebut (fitting).


Definisi kita terhadap apa fungsi bus menjadi plat form dasar perancangan bus

Neoplan floor categories.

Scania floor leveling.


Keamanan merupakan satu hal wajib dan mendasar yang tidak boleh dilupakan, baik itu bagi operator/ sopir maupun penumpang.

Compare driver areal view.

Ketika kedua point diatas dipenuhi maka sebagian proses manufacture sudah diselesaikan. 3. Graphic disain adalah sentuhan bagian akhir untuk added value total performance unit.


Identitas (Merk) Produk atau Brand identity adalah salah satu pembeda dari para kompetitor sekaligus membentuk identitas golongan pengguna produk tersebut dengan mudah dikenalinya tampilan produk tersebut. Untuk diketahui bahwa tampilan disini mencakup kolabirasi sarana visual 2 Dimensi dan 3 Dimensi sebagai performance prima.

Struktur body bus.

Siluet/ shape karakter bus.


Proses ekslporasi bentuk 4. Continues evaluation Langkah terakhir dari proses perancangan sebuah produk adalah evalusi berkesinambungan sebagai circle process/ proses terus menerus untuk meminimalkan masalah (zero defect) dan memaksimalkan point plus untuk proses mendatang, salah satunya dengan perbandingan existing dan pesaing baik produk sekelasnya atau pada beberapa tingkatan produk line up-nya. Beberapa hal diatas adalah point global dari perancangan sebuah produk bus, dimana diharapkan kita akan semakin mengenal dan mengerti munculnya sebuah produk BUS. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi rekan-rekan bismania, Regards and tq all. Iswahyudi Design Dept Morodadi Prima.2008


bus+Design+tutor+(konseptual)_