Page 1

Portfolio

May 2018

Aradinka


CONTENT Profil

Project

Magang

Expedition

Live In

Experience

Backpacker


The expert in anything was once a beginner. - Helen Hayes


Azka Muhammad Radinka Purba

Anak yang memiliki hobi fotografi ini lahir di kota Depok pada tanggal 9 Juli 2000. Memiliki kemampuan membuat presentasi yang baik dan beberapa kali menjadi pembicara di acara bertemakan bakat. Dari pengalamannya mendesain banyak presentasi orang, kemudian ia mulai berani membagi sedikit ilmunya dengan membuat 11 kelas powerpoint pada tahun 2017.


CONTACT

Phone

// 087788238245

Email

// azkaradinka@gmail.com

Instagram

// @aradinka_

Home

// Jl. Taman Seruni V No.2 Bogor

EDUCATION

2006 – 2012 SD Sekolah Alam Bogor

2012 – 2015 SMP Sekolah Alam Bogor

2015 – 2018 SMA ABHomeschooling

KNOWLEDGE

Photography Powerpoint 365 Photo Editing Video Editing


Project #1

Penelitian Gadget Remaja SMP & SMA Perkembangan teknologi mobile phone telah meningkat pesat dari tahun ke tahun. Fungsi suatu perangkat semakin banyak. Di antara segudang fungsi smartphone, pasti tidak semua fiturnya diakses oleh semua user dari beragam kalangan. Misalkan kalangan A lebih sering menggunakan fitur X, tetapi kalangan B lebih menyukai fitur Y dibanding fitur X. Terlepas dari itu semua, alasan utama saya tertarik meneliti penggunaan gadget adalah karena kehidupan saya pribadi yang tidak pernah lepas dari gadget, seperti smartphone, smart band, smart TV dan gadget lainnya. Hasil yang didapat dari projek ini bisa menjadi informasi awal bagi orang tua terkait penggunaan gadget pada remaja. Ditemukan data bahwa 87% responden pernah mengganti smartphone dengan rata-rata umur smartphone mereka dibawah 1 tahun. Bahkan 42% responden pada awalnya ditawarkan terlebih dahulu oleh orang tua mereka untuk memiliki smartphone. Tak hanya itu separuh responden menyatakan membeli smartphone dengan kisaran harga 2 juta sampai 4 juta rupiah yang memiliki memori dan RAM yang besar. Dari sisi pengeluaran, 65% responden membeli paket internet lebih dari 100 ribu per bulannya. Dan 42% responden pernah membeli aplikasi untuk smartphone mereka bahkan separuhnya pernah membeli lebih dari dua kali.

150 Responden


TOPIC BAGAIMANA MENDAPATKANNYA Menggali seputar di mana mereka membelinya, didapatkan dengan harga berapa, atas rekomendasi siapa dan apakah awalnya mereka meminta orang tua untuk membelikan atau justru ditawarkan terlebih dahulu.

PILIHAN SMARTPHONE Apa pertimbangan mereka ketika memilih smarthphone. Apakah karena kualitas kamera, kapasitas baterai atau yang lainnya. Apalagi pilihan smartphone saat ini sangat banyak, mulai dari OS, merk, hingga seri yang berbeda-beda.

PENGGUNAAN Hal-hal apa yang paling sering remaja lalukan di smartphone. Apakah mendengarkan musik, mengambil gambar, bermain games atau lainnya.

USIA SMARTPHONE PENGELUARAN Berapa biaya yang mereka keluarkan mulai dari membeli paket data, membeli aksesoris smartphone hingga membeli aplikasi.

Melihat berapa rata-rata umur smartphone yang digunakan dan berapa kali mengganti smartphone dalam kurun waktu tertentu.


Project #2

Instalasi Panel Surya ABHome Library Energi listrik merupakan energi yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Karena energi listrik adalah energi yang tidak dapat diperbaharui (Listrik dari PLN) maka kita harus menggunakan listrik secara hemat dan efisien. Sekarang ini sudah banyak para ahli yang membuat berbagai alat pembangkit listrik yang bekerja dengan mengubah suatu energi menjadi energi listrik. Menjadi pendamping atas nama ABHome dalam pemasangan solar cell yang dilakukan oleh tim panelsurya.co di gedung ABHome yang baru. Mulai dari pemasangan hingga proses pengajuan izin ke PLN. Sekaligus menjadi corong informasi awal kepada warga ABHome tentang efektifitas penggunaan listrik.


Project #3

PPTX Project Training, Design and Re-Make Slide Presentation Kemampuan presentasi menjadi suatu hal yang harus dimiliki dan dikuasai oleh pelajar sekarang. Kebutuhan akan ilmu tentang presentasi semakin hari semakin dibutuhkan, bahkan sudah banyak lembaga pendidikan yang tidak hanya mengharuskan siswanya mampu berpresentasi, tetapi juga diharapkan mampu meramu materi sederhana dan membuat slide presentasi mereka sendiri. Selama kurang lebih 6 bulan projek ini berlangsung, terhitung sudah 200 jam saya mendalami PowerPoint. Membantu pembuatan slide mulai dari laporan tahunan, lomba penelitian sampai materi workshop. Kemudian dipercaya untuk membuat tampilan Giant Screen dalam sebuah acara perpisahan salah satu sekolah favorit di kota Bogor. Dari pengalaman itu lalu banyak permintaan untuk memberikan sharing ilmu dan pengalaman dalam membuat PowerPoint. Sehingga kelas-kelas PPTX/PowerPoint ini pun telah terlaksana sebanyak 11 kali sepanjang tahun 2017 kemarin.


Before

After

01 Design & Re-Make Slide Selama projek ini berlangsung, saya menerima jasa pembuatan ulang slide presentasi secara gratis dengan tujuan untuk menambah pengalaman dan pengetahuan dalam mendesain slide dengan ragam materi yang berbeda. Lebih dari 25 presentasi dengan total 200-an slide telah saya buat ulang sampai dengan November 2017.

02 Kelas PPTX Berdurasi dua sampai empat jam dengan jumlah peserta enam sampai delapan orang untuk satu kali pertemuan. Dalam enam bulan pertama kelas PPTX telah memiliki 80 peserta. Mengadakan kelas di sekitar lingkungan sekolah dan lingkungan perumahan dengan peserta para pelajar SMP, SMA, SMK, Mahasiswa dan Guru.


Project #4

Produksi Video ABHome Library Video merupakan solusi kreatif dan inovatif untuk berbagai kebutuhan, terutama untuk keperluan digital yang sedang populer sekarang ini. Presentasi, promosi, dan dokumentasi saat ini akan menjadi lebih menarik jika disajikan dalam bentuk video. Berawal dari hobi mengabadikan setiap moment saat berada di luar rumah, berbekal sedikit pengetahuan tentang editing video dan melihat banyak refrensi bagus di YouTube, hal inilah yang kemudian membuat saya ingin mencoba membuat video yang lebih bercerita daripada hanya sekedar video dokumentasi saja. Agar hasilnya semakin baik, saya mengajak dua teman saya, Rahma dan Iman yang juga sama-sama memiliki ketertarikan dalam pembuatan video. Saya membagi peran dengan menyesuaikan kelebihan yang mereka miliki. Rahma bertanggung jawab tentang detil alur cerita, sementara Iman membantu saya dalam proses editing.


01 Basecamp ABHome Pembuatan gambar bergerak yang menjelaskan apa dan bagaimana tentang ABHome. Video berdurasi sekitar 3 menit ini mulai ditampilkan saat open house ABHome tahun 2017 lalu. Setelahnya, video itu menjadi salah satu referensi saat ada yang bertanya mengenai ABHome.

02 Pelajaran Backpacker Berawal dari rasa kurang puas saya terhadap video dokumentasi perjalanan angkatan pertama ABHome ke Penang, Malaysia yang dibuat tahun lalu. Dikarenakan hasil videonya yang kurang memiliki cerita, kemudian saya memutuskan untuk membuat ulang videonya dengan lebih banyak hal menarik dengan tema “Bertransaksi di luar negeri�

Team Azka

Rahma

Iman


Project Team

AB Studio Tender Videografi & Tampilan Giant Screen Dibentuk akhir tahun 2015 oleh angkatan pertama siswa ABHome. Berawal dari niat mengumpulkan dana bersama untuk keperluan backpacker ke Penang, Malaysia dengan cara menjual stock foto hasil jepretan kami secara online. Kemudian pada awal tahun 2017 mendapat tawaran untuk menjadi tender dokumentasi pada perpisahan salah satu sekolah favorit di Bogor. Projek ini menghabiskan waktu kurang lebih tiga bulan. Dimulai dari pengumpulan data siswa, pengambilan foto, pembuatan tampilan Giant Screen, hingga pengeditan video. Projek ini memberikan banyak pelajaran bagi saya sebagai seorang remaja, tentang bagaimana memimpin anggota tim yang memiliki karakter dan kemampuan yang berbeda. Tak hanya itu berkordinasi dengan klien, memantaskan diri dan membuktikan hasil kerja yang professional juga menjadi bagian dari pengalaman mengelola projek. Bahwa menerima tanggung jawab sebesar ini dibutuhkan kerjasama dan komunikasi yang baik antar anggota tim dan pihak dari klien.


01 Slide Giant Screen Menjadi tampilan utama di layar besar selama acara berlangsung. Berisi rangkaian acara dan preview para pengisi acara. Juga menampilkan 300 slide profil siswa beserta tujuan universitas mereka setelah lulus yang semua tampilannya dibuat menggunakan PowerPoint.

02 Video Dokumentasi Acara Membuat video dokumentasi acara perpisahan sekolah berdurasi 30 menit, dari mulai acara hingga selesai. Kemudian hasil videonya disimpan ke dalam CD Drive dan dibagikan kepada seluruh siswa.

Ali

Andro

Azka

Iman

Raihan

Videographer

Data Base

Slide Designer

Photographer

Packaging Supervisor


Experience Course

Lomba

KUMON (2005-2010)

OSN (Juara 1 Matematika Bogor Utara)

Exist English First (2010)

KMNR 7&8 (Finalis lomba

Purwacaraka (2011)

BI Fusion (10 Besar Try Out se-kota Bogor)

English First (2011)

Pesta Sains Kornita IPB (Peserta)

Bintang Pelajar (2012 & 2015)

Cepat Tepat Sains Bogor (Semi finalis)

Expedition Ekspedisi Megamendung (2012)

matematika nasional)

Kontes Ide Berani Karya Visual (Peserta)

Workshop/Seminar

Survival Gn. Bunder (2013)

ESQ Leadership (2012)

Susur Pantai Selatan (2013)

“Dunia Kerja� (2014)

Summit Gn. Gede (2013)

Abco Sugesti Power (2015)

Survival Gn. Kencana (2014)

Plan Your Backpacker (2015)

Live In Pulau Seribu (2014)

All About Polyvinyl Chloride (2015)

Summit Gn. Rinjani (2015)

It Camp with Onno W Purbo (2014)

Live In Tanoker Jember (2015)

4th Urban Social Forum (2016)

Live In Ciheras (2016)

Biotech & Foodtech Camp (2016)

Backpacker Penang Malaysia (2016)

Powerpoint Simple to Memorable (2016)

Live In Pare (2017)

Amazing Slide Presentation (2017)


Internship

2011 2012 2013 Pawon Endah

AlaNia Chocolava

Studio181

Belajar langsung pada penyedia jasa ketring Pawon Endah di kota Bogor memberikan warna baru. Mulai dari produksi, pengolahan bahan baku hingga proses pengiriman, menjadikan pengalaman berharga terhadap sebuah proses.

Mendapatkan pengalaman langsung dalam proses pembuatan aneka cake coklat, mampu mengasah banyak kemampuan, salah satunya adalah kreativitas dalam menghias cake yang membutuhkan kesabaran dan ketelitian.

Mempelajari proses produksi berbagai kerajinan keramik seperti aksesoris, hiasan, souvenir, dan perlengkapan interior rumah, memberikan makna yang luar biasa akan proses untuk menjadi sebuah karya yang indah.

2014 2015 2016 2017 PT. SBC GLOBAL

SB3

ABHome

Kreasi Presentasi

Pelatihan Bisnis Syariah pertama di dunia, mengembangkan bisnis Syariah berdasarkan AlQuran dan Hadits ini memberikan banyak kesempatan dalam mengembangkan kemampuan untuk mempersiapan acara di belakang layer.

Metode SB3 (Satu Bulan Bisa Baca) adalah anak tangga yang menuntun siswa naik kata demi kata untuk bisa membaca dengan mudah dan cepat. Diberikan kesempatan untuk mengklasifikasi ragam soal yang telah disediakan dalam kurikulum SB3.

Melayani pengunjung dalam sebuah lembaga swadaya yang bergerak dalam kegiatan edukatif yang berbasis perpustakaan ini makin mengasaah kemampuan berkomunikasi dengan orang lain.

Berguru langsung dengan pakar slide presentasi, berkesempatan untuk mengikuti proses persiapan workshop slide professional hingga hari H.


As a

SPEAKER


Show Up Your Project 2016 (Gadget Remaja) ABHome Young Explorer 2016 (Traveling Plan)

Moslem Youth Summit 2016 (Knowing Your Talent) Talents Camp Basic 2017 (Unique Image Placeholder) SMX Creative Class 2017 (Creative Powerpoint) Remaja Seruni 2017 (Creative Powerpoint) Openmind ABHome 2017 (This Is Me) Etos IPB 2017 (Aktivitas Produktif) Etos IPB 2017 (Life Mapping)


Dialah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan. (QS. 67:15)


Expedition Menghadapi angin, kabut, hujan, hutan, pasir, ombak, dan batu karang menjadi guru dalam setiap perjalanan ekspedisi. Perkenalan

awal

dengan

Tak hanya mengenal perjalanan

ekspedisi dimulai sejak SD di

menuju puncak tertinggi ketiga

sekolah alam bogor. Mengenal

di

banyak tanda-tanda alam, juga

memberikan

diperkenalkan

terhadap

untuk

selalu

Indonesia,

pembelajaran kontribusi

masyarakat

sekitar

melibatkan rasa syukur atas

dari apa yang dimiliki semakin

nikmat yang diberi.

menempa diri. yang

Semoga, dengan memberikan

kuat banyak didapat dari setiap

banyak kebermanfaatan bagi

proses sebelum hingga setelah

orang lain, diri ini menjadi

ekspedisi berlangsung.

pribadi yang berguna.

Pembentukan

karakter


Backpacker “Setelah didirikan shalat (Jum'at) maka bertebaranlah kamu di muka Bumi dan carilah sebagian dari karunia Allah. Dan berbanyaklah berzikir kepada Allah agar kamu beruntung.� QS. Al-Jumu’ah:10

Pengalaman menjelajah mandiri memberikan

Melihat dan merasakan langsung saat berada di

banyak sekali warna baru dalam mengenal

negeri orang, memberikan pengalaman luar biasa

kemampuan diri. Banyak kesempatan terbuka

tentang manfaat sebuah perjalanan.

untuk belajar memutuskan sendiri dan menerima konsekuensi sebab akibat yang ditimbulkan.

Mengelola sebuah perjalanan hanya salah satu dari

sekian

banyak

mengasah

kemampuan

untuk mendapatkan cara pandang baru untuk

masalah-masalah baru dalam sebuah perjalanan,

memperoleh

kita mengenal banyak arti keterbatasan untuk

Contoh

sederhana

diperoleh saat backpacker ke luar negeri.

Belajar

untuk

Kadang kita perlu keluar dari ruang yang ada

sesuatu.

diri.

cara

menyelesaikan

kemudian menemukan jalan keluar.


Live in Live In merupakan salah satu bentuk pembelajaran mengenai kehidupan bermasyarakat yang sesungguhnya. Berguru dan terjun langsung ke beberapa daerah di Indonesia yang memiliki ragam keunikan dan potensi lokal.


Beraktivitas bersama keluarga yang ditinggali

Tak berhenti di situ, berlanjut dengan belajar

selama

yang

kepada seorang pemilik belasan hak paten mesin

menyenangkan. Mengenal bagaimana orang lain

di Jepang. Belajar di Lentera Angin Nusantara,

bertumbuh dan saling melengkapi dalam sebuah

Ciheras, Tasikmalaya menjadi pengalaman yang

keluarga yang tentu saja memiliki latar belakang

sangat berharga. Sang pencipta mobil listrik ini

dan kebiasaan yang berbeda.

banyak

live

in

adalah

hal

baru

memberikan

warna

baru

dalam

membangun diri sebagai anak Indonesia. Live in bersama keluarga nelayan di kepulauan seribu. Setiap pagi ikut melaut kemudian menjual

Kemudian berlanjut belajar berkomunitas di daerah

hasil tangkapan bersama bapak asuh menjadi

Pare,

pengalaman luar biasa terkait memaknai hidup.

memanfaatkan potensi yang ada di masyarakatnya.

Kediri.

Bagaimana

satu

desa

bisa

Menjadi daerah yang layak dikunjungi orang dari

Pengalaman

berikutnya

mengenal

bagaimana

berbagai daerah di Indonesia, untuk sama-sama

komunitas tanoker yang berhasil memberikan

belajar berbahasa dan berkomunitas. Semuanya

pengaruh positif pada lingkungan yang tertinggal

datang dari jauh dengan tekad yang kuat untuk

di sekitar daerah Jember, Jawa Timur.

meningkatkan kapasitas diri.


Magang Magang merupakan salah satu bentuk penempaan diri yang paling terasa dalam kehidupan saya. Mengenal dan merasakan langsung akan sebuah proses mampu membuka wawasan menjadi lebih terbuka. Tak hanya mendapatkan insight mengenai bagaimana mengelola

sebuah

perusahaan,

namun

memiliki

pengalaman dalam kecakapan mengolah SDM dan kemampuan yang dimiliki menjadi daya tarik tersendiri untuk belajar langsung pada ahlinya. Maka benar adanya bahwa untuk belajar itu harus pada ahlinya dan akhirnya bisa merasakan pengalaman luar biasa saat saya berguru langsung pada sumbernya.


MINIMALISM PHOTOGRAPHY Minimalism adalah genre fotografi favorit saya sekarang ini, keseruannya adalah ketika banyak orang tidak menyadari bahwa mereka tidak perlu mempunyai sesuatu yang menarik untuk menjadikan sebuah gambar bagus.

01 Capturing a Minimum Amount of Components Tetaplah sederhana, cobalah untuk membuat objek yang sederhana menjadi menarik. Pertimbangkan apa yang akan Anda masukkan ke dalam potret dan juga apa yang akan Anda buang.

02 Play with Shadows and Textures Foto yang memiliki tekstur dan bayangan akan dengan cepat mendapatkan perhatian mata tanpa harus memiliki objek yang mencolok.

www.Instagram.com/aradinka_


03 Strong Patterns Strong Composition Garis horizontal atau vertikal memberi komposisi yang kuat karena akan memberikan struktur yang solid pada gambar.

04 Approaching Strangers Memasukkan objek orang asing dengan gaya natural dengan hasil foto yang tetap minimalis.

05 Combine the Two Mengkombinasikan bentuk dan garis foto minimalis dengan orang menghasilkan foto yang asik.

www.Instagram.com/aradinka_


My Strength Based on Talents Mapping

Talents Maping menjadi salah satu alat bantu dalam mengenal kelebihan yang dimiliki seseorang. Dengan berfokus pada kelebihan dan mensiasati kekurangan akan mendapatkan banyak hal yang bermanfaat dalam mengembangkan potensi positif yang ada. Ditambah dengan mensinergikan seluruh kekuatan yang ada dengan aktifitas keseharian, memberikan setitik kekuatan untuk terus memperbaiki diri dan menjadi manusia yang bermanfaat seusia dengan kelebihan yang dimiliki.


Individualization Mampu melihat keunikan dari masing-masing orang secara individual dan memikirkan bagaimana orang-orang yang unik dan berbeda dapat bekerja secara produktif.

Relator Menikmati hubungan dekat atau erat dengan orang lain secara pribadi dan menemukan kepuasan mendalam dalam bekerja keras dengan teman-temannya untuk mencapai tujuan.

Input Memiliki hasrat untuk mengetahui lebih jauh, lebih banyak serta senang mengumpulkan atau mengkoleksi dan mengarsip segala informasi.

Focus Membutuhkan tujuan yang jelas. Tujuan inilah yang berfungsi sebagai kompas untuk menentukan prioritas, membuat koreksi seperlunya agar tetap berada di jalur yang benar.

Restorative Senang memecahkan masalah dan memiliki kemampuan untuk mengembalikan segala sesuatu menjadi berfungsi dengan baik kembali


CREATE SOMETHING

Made with PowerPoint 365

Aradinka Portfolio  
Aradinka Portfolio  
Advertisement