Issuu on Google+

EDISI SOMMER 2009

ANTAR KITA NEW

ICIP-ICIP DAPUR KITA

LIPUTAN SEMIANR MWD-BAYERN 2008


HALLO SEMUANYA..... Salam damai dan sejahtera, Pembaca sekalian yang budiman,hahaha..formal banget yak kayanya..hee.oke pertama aku mau mengucap syukur,terlebih buat Tuhan yang udah bener-bener kasih kekuatan dan bantuan-Nya dalam terancangnya dan terselesaikannya majalah ini.Terima kasih untuk semua rekan -team kerja dan semua pihak yang membantu banyak dalam sumbangan Ide-ide ,artikel,penguatan motivasi kerja dan semua faktor pendukung lainnya...Senang sekali rasanya,ini semacam Hutang yang harus dibayar..Sekali lagi terima kasih.Baiklah,dalam Edisi kali ini,kami mengetengahkan mengenai tema-tema seputar Sommer,Pfingtens yang didukung oleh Rubrik Resep kita kali ini... “ICIP-ICIP Dapur Kita�Semoga reseresep yang disediakan berguna untuk teman-teman sekalian,sehingga memasak menjadi lebih bervariasi.Dalam majalah edisi ini kami juga menyajikan Laporan beberapa kegiatan selama 2008 di dalam Regio MWD, Bayern dan sekitarnya..So,untuk penguatan dan pengetahuan ,kami menyajikan Ayat-ayat yang tentunya familiar buat kita dan makna-makna yang terkandung didalamnya,tentunya akan lebih menjadikan hidup kita menjadi tenang..pengetahuan mengenai rahasia yang tersimpan dalam rambut kita...wow,apa ya??So,Harapan kami,semoga teman-teman sekalian mendapatkan informasi yang berguna,mari berbagi bersama,jalin komunikasi antar saudara seiman dalam Kristus,melalui majalah ini. Selamat Membaca

Cindy Tjota & P.F.Widhianto


May,27 2009

Saar端cken

TERIMA KASIH UNTUK SEMUA PIHAK.MAAF KALO MAJALAHNYA KURANG MEMUASKAN,PERCAYA ATAU TIDAK,INI CUMAN DIBUAT DALAM SATU HARI SAJA....JADI HARAP MAKLUM ___LAYOUTER

REDAKSI 2009 MENGUCAPKAN

TERIMA KASIH

kepada..

TUHAN...DANKE DIR... STEPHANUS..SANG KOORDINATOR.. MICHAEL W AGUNG MOUSSA BANG YOSEF BILLY KURNIA LENA VINCENT AWONG KAAD TEMAN-TEMAN SEKALIAN DAN SEMUA PIHAK YANG TELAH MEMBANTU,MAAF GA SEMUANYA BISA DISEBUTKAN ... ^^ SALAM DAMAI KRISTUS


PAN IT I A KE R J A M W D 20 0 8 - 20 0 9

Koordinator : Stephanus Wijaya Weingarten ceteph@yahoo.com.au Sekretaris : Vincent Arthur Siauw Karlsruhe || Chemieingenieurwesen vincentsiauw@yahoo.com Bendahara : Resha Arinta Karlsruhe || Bauingeneurwesen rsharinta@yahoo.com Urusan Seminar : Musa Maria Dibya Pararamarga Stuttgart || Luft- und Raumfahrttechnik moussa.marie@yahoo.com Urusan Publikasi : Cindy Tjota Heidelberg || Medizin milkyted_05@yahoo.com Petrus Fajar Widhianto Saarbr端cken || Studienkolleg peter_widhi@yahoo.com


LIPUTAN

KMKI Wochenende 2008 Nordweil, Kenzingen ita berangkat dengan  harapan  dan  kita  kembali  dengan  kepuasan,  pengalaman  menyenangkan,  kenalan  baru,  bahkan  juga  pengetahuan  baru.  Tiga  hari  Wochenende  adalah  bagian  dari  pengalaman  kita  yang  :dak  terlupakan  (minimal sampai  hari ini). Kita  bermalam  di  sebuah  Ferienhaus  di  Kenzingen  (rumah  kayu  dengan  Heizung  yang  patut  dipertanyakan)  selama  2  malam.  Selain  masalah  Heizung  yang  “bernyanyi” pada saat yang tepat dengan  nada yang tepat di kamar yang tepat, kita  dapat  :dur  dengan  nyaman  dan  pulas.  Selain :dur tentunya ada hal yang pen:ng  yang selalu ditunggu‐tunggu. 

K

Pagi  dan  siang  kita  isi  dengan  makan  bersama dengan menu yang superb enak.  Perut  terpuaskan,  jiwa  raga  pun  t e r p u a s k a n .  B e r b i c a r a  t e n t a n g  Wochenende  ini  tentu  :dak  mungkin  m e l e w a t k a n  b e r b i c a r a  t e n t a n g  pengalaman  semenarik  dan  sebanyak  yang  diberikan  oleh  Wanderung  kali  ini. 

Rute  yang  (sangat)  panjang  tentu  memungkinkan  adanya pengalaman  yang  banyak,  beserta  photoshoot  untuk  merangkai  cerita  dongeng  negara  fantasi  ( b e r h u b u n g a n  d e n g a n  k e g i a t a n  permainan  yang  dijalankan  besoknya).  Selain  badan  yang  capek  dan  foto2  gila  dengan  pose2  an:k,  kita  juga  mendapat  berkah  anggur  waktu  kita    melewa:  kebun anggur. Oh noo.. kita :dak mencuri  anggur,  kita  (Irene)  hanya  menangkap  anggur  yang  jatuh  (jatuh  ke  tangan  setelah  sedikit  di’provokasi‘  –  alias  dipe:k). Berkah  berikutnya adalah karena  badan‐badan  dan  kaki‐kaki  yang  capek,  acara  yang  direncanakan  setelah  Wanderung  ditunda,  yang  berar:  more  Wii‐/me.. Tentunya  masih  ada  banyak  cerita‐cerita  menarik yang berkesan bagi :ap kita yang  ikut Wochenende kali  ini  (perayaan ultah,  permainan,  pela:han  lamaran  kerja,  dll)  yang  :dak  sempat  dibahas  di  sini.  Segenap  ha:  kita  tentu  mengharap  adanya  KMKIKA  Wochenende  tahun  depan,  minus  panjang  rute  Wanderung,  plus  makanan,  plus  permainan,  dan  last  but not least, plus Wii‐/me ;). (  BY:STUDIO 250


Gesprächabend KHG  Tips Menjadi Sukses Kita  sering  kali  merasa  malu  untuk  membuka  pembicaraan  dengan  orang  Jerman,  entah  karena  takut  atau  gak  pede  dengan  kemampuan  bahasa  masing‐masing,  atau  bisa  juga  karena bingung untuk mencari bahan small talk.  Hal‐hal semacam ini sering kali kita temui dalam kehidupan sehari‐hari kita, entah kita sadari  atau  Gdak.  Sebagai  orang  Asia,  khususnya  sebagai  orang  Indonesia  yang  terbiasa  untuk  terbuka terhadap orang yang baru dikenal, tentunya Gdak begitu mudah untuk bisa langsung  bisa frontal berhadapan dengan budaya Jerman, yang dikenal tertutup. Sering kita menganggap bahwa orang Jerman itu dingin dan kaku, bisa jadi karena kita Gdak  tahu  bagaimana  menyiasaGnya.  Nah  ini  dia,  salah  satu  tema  yang  dibahas  dalam  Gesprächabend für ausländische Studierende  tanggal 19 November 2008   yang bertemakan:  “Kompetent und sicher auUreten im Gastland“ Dipl. Psych. Cornelia Rupp‐Freidinger  dari  ZIB  (Zentrum  für  InformaGon  und  Beratung)  Karlsruhe  mencoba  memberi beberapa Gps dalam situasi  d i  a t a s ,  m i s a l n y a  m e m u l a i  pembicaraan  dengan  topik  yang  ringan, seperG  kegiatan yang baru dilakukan  bersama‐sama, tentang cuaca  hari  ini.  Jangan  kaget, kalau sampai akhir pembicaraan, mereka masih Gdak tahu nama kita, hal ini memang  lumrah di Jerman. Topik  kedua  yang  menarik  adalah,  gimana  caranya  memulai  pembicaraaan  dengan  dosen,  atau  bagaimana  kita  harus bersikap  keGka  datang  ke  Sprechstunde?  Jawabannya  mulailah  selalu dengan hal‐hal  yang sachlich, utarakan pertama  kali, apa tujuan kita  datang ke sana.  Menyebutkan  nama  bukannya  hal  yang  wajib  dilakukan,  kecuali  memang  hal  itu  sungguh  diperlukan. Hal yang serupa juga berlaku kalau kita ingin mengirim surat. Hal  lain  yang  menurut  saya  cukup  menarik  adalah  bagaimana  caranya  berterima  kasih  kepada orang lain? Di Indonesia, kita terbiasa untuk memberikan hadiah kecil sebagai ucapan  terima  kasih  dan  untuk  menjaga  hubungan  baik,  bukGnya  berapa  banyak  parcel  yang  diterima  bos  menjelang  hari  natal.  Di  sini,  hal  ini  bukan  hal  yang  umum.  Jika  seorang  professor  membuatkan  Gutachten  untuk  kita,  mengutarakan  terima  kasih  lewat  kata‐kata  sudah cukup.  Singkatnya bisa dilihat di bawah ini: TI

P

Y SN

A

:) Don´t: GANA O • haloo, nama saya X, nama kamu siapa yah?? M U SEERG Do´s: B • carilah tema‐tema umum, yang Gdak terlalu pribadi • hindari yes‐no quesGon                                                                                                                        BY:STUDIO 250


WAS IST ÜBERHAUPT PFINGSTEN ???

Pfingsten ist für Christen das Fest des Heiligen Geistes. Damit endet die 50tägige österliche Festzeit. Das Wort Pfingsten leitet sich von "Pentekoste", dem griechischen Begriff für "fünfzig", ab. Die Bibel versteht den Heiligen Geist als schöpferische Macht allen Lebens. Er ist nach kirchlicher Lehre in die Welt gesandt, um Person, Wort und Werk Jesu Christi in der Geschichte lebendig zu erhalten. In der Apostelgeschichte wird berichtet, wie die Jünger Jesu durch das Pfingstwunder "mit Heiligem Geist erfüllt wurden und begannen, mit anderen Zungen zu reden". Die Beschreibung dieses sogenannten Sprachwunders will darauf hinweisen, dass die Verkündigung der Botschaft von Jesus Christus

sprachübergreifend Bedeutung für die ganze Welt hat.Bis zum vierten Jahrhundert feierten die Christen an Pfingsten nicht nur den Abschluss der Osterzeit, sondern auch die in der Apostelgeschichte erwähnte Himmelfahrt Christi. Nachdem sich für dieses Ereignis ein weiterer Festtag herausgebildet hatte, wurde Pfingsten zum eigenständigen Fest, das in einigen Ländern ähnlich wie Weihnachten oder Ostern einen zweiten Festtag, den Pfingstmontag, erhielt. In der Bundesrepublik gab es in den vergangenen Jahren eine heftige Diskussion darüber, ob der arbeitsfreie Feiertag zu Gunsten der Finanzierung der Pflegeversicherung abgeschafft werden sollte. Derzeit ist der Pfingstmontag in allen Bundesländern weiterhin ein arbeitsfreier Tag.

Oleh Cindy Tjota

Diambil dari : www.pfingsten.de


Sebaiknya kamu tau Catatan Me!s yang menja! saksi b"u

Rambut merupakan catatan medis yang akurat tentang keadaa tubuh seseorang.Dengan menggunakan mikroskop elektron skaning atau analisis sinar X seseorang ahli dapat menganalisa sehelai rambut seseorang untuk mengetahui apakah dia sedang menderita suatu penyakit keturunan atau tidak. Disamping itu, semua yang masuk dalam tubuh manusia akan tersimpan dalam sel2 rambutnya. Hal ini sangat benar terutama jika yang masuk ke dalam tubuh tersebut adalah unsur logam. Hanya dalam tempo 48 jam, akan dapat dianalisis kandungan sel2 rambut lalu menentukan zat racun apa yang telah masuk ke dalam tubuh. Dalam majalah Reader's Digest dikisahkan bagaimana seorang ahli sejarah dengan dibantu beberapa ahli kimia telah menyingkap tabir rahasia penyebab kematian Kaisar Napoleon Bonaparte. Sebelumnya, sejarah telah mencatat bahwa kaisar yang agung itu telah meninggal karena sakit. Namun,ahli sejarah melihat adanya beberapa pola kejanggalan yang dialami kaisar tersebut pada tahun2 terakir hidupnya di tempat pembuangannya dan mulai menaruh curiga bahwa sebenarnya kaisar tersebut meninggal dengan cara yang tidak wajar. Setelah meyakinkan ahli waris kaisar akan kecurigaanya itu,akhirnya beliau berhasil memperoleh beberapa helai rambut kaisar yang mereka peroleh sebagai bukti yang sangat berharga. Hasil analisis para ahli kimia yang bekerjasama dengannya menunjukkan bahwa sebenarnya kaisar Napoleon Bonaparte mati diracun. Peracunan ini dilakukan perlahan2 selama bertahun2 dengan menggunakan racun arsenik dalam dosis yang sangat rendah oleh salah satu asistenya yang sangat dia percayai. Disebutkan bahwa motifnya kemungkinan besar adalah balas dendam. Dunia Internasional begitu takjub akan hasil pelacakan modus operandi dan pelaku pembunuhan tersebut sehingga hasil kerjanya dijuluki ' karya detektif terbesar abad ini'. Walaupun hanya terdiri atas sel2 yang telah mati, rambut adalah sesuatu yang sangat menajubkan. Bukankah begitu?

oleh Billy Juniar (diambil dari buku keajaiban2 dalam tubuh manusia)


RESENSI Mei 2009

NOVEL OKE: NOVEL YANG MENGHARUKAN INI AKAN MEMBAWA KITA KE DALAM SEBUAH ARTI KENANGAN MASA KECIL...

AKU TERLAHIR 500GR DAN BUTA

DIAMBIL DARI KISAH NYATA...... BILA MAMA KITA MASIH BISA MARAH ATAUPUN ‘‘BAWEL’’ KEPADA KITA...BAHAGIALAH,ITU TANDANYA KITA MASIH DI SAYANG DAN DIPERHATIKAN..BUKANKAH BEGITU TEMAN!?BAGAIMANA MENURUT MIYUKI?

"Ibu, air matamu adalah kehidupanku dan kata katamu adalah masa depanku. Beratku hanya 500 gram waktu dilahirkan. Dokter yang bekerja di rumah sakit tempatku dilahirkan bercerita bahwa ibu tidak bisa mendengarkan penjelasannya karena matanya sudah dibanjiri air mata melihatku yang begitu kecil. Kelima jariku sebesar korek api. Kepalaku sebesar telur. Pinggulku sebesar jari kelingking orang dewasa.

Selama tujuh bulan aku dibesarkan dalam inkubator di rumah sakit. Ibu tiap hari menengokku, tidak peduli apakah saat itu sedang turun hujan atau salju, bahkan ibu datang tanpa membawa payung. Ibu selalu mengajak bicara dan membelai kepalaku. Jika ibu memberikan jarinya, aku segera meraih dan menggengamnya. Ibu, bunga Miyuki yang kau sirami setiap hari dengan cinta dan kasih sayangmu sekarang sudah beranjak dewasa.


Aku bangga mempunyai seorang ibu yang keras dan selalu tegar. Jika ibu mendidikku dengan "lembek" pastilah aku tidak bisa seperti sekarang ini. Sekarang aku ingin ibu bisa mengalirkan air mata bahagia. Air mata bahagia yang terus mengalir sampai tidak bisa berhenti. Akan tiba saatnya waktu impianku itu bisa tercapai." Demikianlah potongan cerpen Miyuki berjudul "Air Mata Ibu" yang memenangkan lomba mengarang SLB tingkat nasional. Saat- saat dimana impian itu pun tercapai dan air mata pun terurai. Aku Terlahir 500 Gram dan Buta, buku ini mengisahkan kehidupan Miyuki Inoue dan ibunya, tentang betapa keras dan kejam sang ibu mendidiknya, betapa Miyuki pun seperti halnya kita, terkadang sangat malas, pemberontak dan cengeng. Salah satu bagian yang sangat menarik adalah ketika Miyuki menderita suatu penyakit lambung yang tidak dapat dijelaskan. Saat itu, Miyuki menjadi mudah jengkel dan marah. Seperti biasa, ibunya selalu marah-marah jika Miyuki tidak belajar. Sepanjang perjalanan pulang hingga sampai kerumah, Ibunya selalu marahmarah dan menasihatinya dengan keras. Hingga akhirnya Miyuki jengkel dan berkata,”Perutku sakit, aku mau bunuh diri saja!”

Tanpa disangka, ibu menarik kepala Miyuki dan mencekiknya seraya berkata, “Kalau kamu ingin mati, sini, biar ibu saja yang membunuhmu!” Miyuki berteriak kesakitan dan mohon ampun dan akhirnya berkata, ”Aku tidak jadi ingin mati.” "Ibuku sungguh seperti setan", pikir Miyuki. Demikian keras sang ibu mendidiknya, sampai Miyuki pun menganggap ibunya seperti setan. Namun didikan yang keras itu pun membuahkan hasil seorang Miyuki yang tabah, optimis, bersemangat, dan tidak merelakan dirinya untuk kalah oleh nasib, terlepas dari segala kekurangan yang dialaminya. Buku ini dipenuhi dengan humor- humor dan pertengkaran antara ibu dan anak yang tentu saja kerap kali terjadi pada diri kita. Pertengkaran dan maaf mencakup tangis dan juga tawa. Buku ini juga sangat ringan untuk dibaca, seperti mendengar curahan hati seorang teman. Dan kita pun dapat belajar banyak darinya, Miyuki Inoue, bahwa tidak ada sesuatu yang bisa diraih tanpa usaha, betapa ia harus berusaha jauh lebih keras daripada kita semua untuk mengatasi segala masalah yang ia hadapi dengan kebutaannya. Membaca buku ini mungkin membawa kita kepada kenangankenangan masa kecil kita, kenakalan dan saat-saat dimarahi orang tua, menyenangkan bukan? So, for every mom lovers out there. It's a must read... NN


A Y A T- A YA T E

M

A

S

ADALAH AIR KEHIDUPAN YANG SELALU MENYEGARKAN,DIBERIKAN DENGAN CUMA-CUMA!

.Well, “Firman Tuhan itu terang bagi jalanku,” kata pe‐mazmur (Maz  119 : 105) So, kalian boleh pilih ayat‐ayat di dalam rubric ini b uat  pegangan yang sesuai dengan tema yang Tuhan kasih. Percaya deh, Iirman  Tuhan pass..ti dapat menolong kamu jika kamu ucapkan di mulut dan  ditaruh di hati. Sukses!!

Buat doi yang kuatir soal study.. Filipi 4 : 6

“Janganlah hendaknya kamu khawatir tentang apapun juga, tetapi  nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan  permohonan ucapan syukur.” Jadi udah jelas donk, bahwa kita nggak boleh khawatir dalam hal apapun,  termasuk soal study. Sering‐sering dech doanya buat ngungkapin segala  permohonan kita, plus sambil mengucap syukur. Buat doi yang was­was sama masa depan... Yeremia 29 : 11 “Demikianlah =irman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan 

rancangan kecelakaan untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh  harapan.”


Nah!! Dengan demikian kamu tau khan, bahwa Tuhan itu selalu merencanakan  yang terbaik buat kita, jadi nggak perlu dech was‐was! Buat dunia kesetiakawanan… Amsal 17 : 17

“Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu dan menjadi seorang saudara 

dalam kesukaran.” Buat kamu,arti kawan itu penting donk! Tapi arti kawan menurut alkitab adalah  seperti di atas itu. Jadi kamu juga harus bersedia melakukan hal tersebut buat  karib‐karib kamu. Buat doi yang suka ngegosip.. Amsal 18 : 21 “Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya akan makan 

buahnya.” Makanya nggak usah suka ngomongin yang macam‐macam deh, apalagi segala  perkataan‐perkataan yang nggak membangun! Nggak ada gunanya, malahan  nanti kita yang ketelak buahnya. Buat doi yang diberkati Tuhan dengan berkelimpahan harta... Lukas 12 : 34 „Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.“

Ada baiknya bijaksana dalam menggunakan berkah harta yang satu ini.  Mengucap syukur atas berkat yang telah Tuhan kasih. Yang bagus adalah  pindahan harta itu ke surga, caranya? Nyumbang sebanyak‐banyaknya buat  pekerjaan Tuhan. Pasti hatimu duluan nyantol..di surga!

Buat doi yang suka bergantung sama temen... Yeremia 17 : 5 „…Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan 

kekuatannya sendiri dan hatinya jauh daripada Tuhan!“


Nah, dari ayat ini sudah jelas kan kalau kita sebagai manusia sepatutnya  mengandalkan Yang di Atas dan bukan manusia apalagi diri sendiri, karena  Bapa lah yang punya rancangan baik untuk anak‐anak‐ Nya.

Buat doi yang banyak ditaksirin sama lawan jenis... Matius 23 : 12 „Dan barang siapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barang siapa 

merendahkan diri, ia akan ditinggikan.“ Jangan sombong kalo kamu banyak disukain orang. Sebaliknya rendahkan  hatimu dan mengucap syukur karna kamu banyak disukain teman‐temanmu.

CINDY TJOTA


L I P U TA N

SEM INA R

2 0 0 8

MW D- B AYER N

FOTO DIATAS DTAMPILKAN UNTUK YANG MERASA WAJAHNYA KEPORONG DI MAIN FOTO..HEHE..

It’s about ,,Menjadi Manusia Indonesia Baru’’ Hollaa....ga kerasa yah ternyata udah satu tahun berlalu sejak seminar MWD-Bayern kita tahun

rasain barengbareng.Obrolan-obrolan ringan ampe berat,permainan-permainan

kami ajak kembali kawankawan untuk mengingat dan saling berbagi betapa berwarnanya Seminar 4 hari

lalu,bisa dibilang cukup sukses dan sangat

yang menggila hingga Parodi ,,Perjalanan si Paijo

3 malam itu bersama kawankawan KMKI MWD-

berkesan.Banyak banget hal- Merantau ke Jerman’’.Seru hal seru yang udah kita banget bukan..!?! Yup..mari

SWEET MEMORY..

DISKUSI LUMAYAN ‘BERAT ’

Bayern,berikut liputannya...

BEBAKARAN..HMM.YUMMY!!


4 Hari Yg Berharga Bersamamu Kawan...

AROUND DONAUWÖRTH pencarian kata-kata yang hilang dan pemecahan teka-teki

by Peter Sastrohardjono Sophomore •••

Yup..hari pertama 9 Mei 2008..Jumat sore..tibalah rombongan dari berbagai sudut Bavaria...di Jugenherberge Donauwörth (JG)setelah sebelumnya para rombongan cukup melakukan ‘pemanasan’ dengan berjalan kaki dari Bahnhof terdekat.Ya,nampaknya

Serah terima jabatan rapat Pleno MWD

dekat,tapi ternyata jalanan kawan-kawan lainnya yang yang menanjak membuat sudah tiba lebih dulu.Ada 3 letih.Namun keletihan bersaudara tersebut terobati dengan keindahan alam sekitar

permainan seru sekaligus sebagai ajamng untuk saling

Dagomez :),Resha,dan berkenalan..wow..bermain kawan2 tuan rumah.Tiba di cabut nyawa!!Acara hari

dan akhirnya tiba juga

JG kita langsung pertama intinya adalah rombongan dari pembagian kamar sesuai saling mengakrabkan dan Saarbrücken,Darmstadt,We dengan yg sudah dirancang saling mengenal,meskiun ingarten,usw..kami disambut hangat oleh

oleh panitia.Hingga malamnya,acara

memang ad yang sudah senior dalam

STATISTIK: APA YANG DIRASAKAN SAAT SESI?

Si Adelia sedang presentasi neh...ad yang ucek2 mata..romo

Sebagai pendengar yang baik,tidak cukup hanya

memperhatikan dengan seksama mendengar saja..Brainstroming esensinya.. — Widhianto

Spass

38%

Pengetahuan

34 %

Keceriaan

16 %

laper

6%

capek

3%

ngantuk

1%

bosan

1%


seminar,namun cukup banyak juga teman2 pendatang baru yang bergabung dalam seminar kali ini loh.

dengan teman lama.Sesi un dilanjutkan..dan waktunya untuk setiap kelompok mengajukan presentasi

Sabtu,10 Mei 2008.....

nya...fokus pun tertuju pada setiap pembawa presentasi,ad yang lucu,ada

Bangun..bangun.pagi hari disambut dengan ceria.Jadwal hari ini telah menanti,dengan berbagai Sesi-sesi diskusi sesuai dengan Tema Seminar kali ini,dengan memhadirkan pembicarapembicar yang memang memiliki kapasitas untuk Tema tersebut.Sesi kita kali ini dibawakan oleh seorang mahasiswa S3 Jura,Sih Yuliana Wahyuningtyas a.k.a mbak Yuli.Beliau adalah seorang mahasiswi yang berdomisili di MĂźnchen.Sungguh sangat beruntung,sesi kita kali ini cukup menarik dan dibawakan dengan cukup apik oleh beliau,dimana kita diajak secara mendalam mengenal diri kita sendiri dan sekaligus mengenal wajah2 Indonesia baru melalui Diskusi yang interakif.Kita dibagi dalam 5 kelompok besar,dan masing2 kelompok wajib memberikan presentasi mengenai wacana-wacana dan

hahahihi,ad yg serius,ad yang cool..haha..semuanya ditanggapin dengan respekt oleh pembicara dan teman2 dari kelompok lain.Malam hari sesi ditutup dengan renungan malam,dan misa oleh Romo Telesphorus Krispurwana, S.J.Waktunya tidur..owh,ternyata tidak..teman2 semuanya asik di Hall bawah hingga larut malam (pagi sogar).Kami bermain game di laptop,kami bermain kartu Setan-setanan!!(cuman namanya saja yang serem)hahaha...hiiii...bersahutan..suara “arek-arek suroboyonan’’ pun bersahutan.Dibawakan oleh jeng Chen Ny,Billy dan kawan2 lain yg mengundang tawa dan menambah indahnya suasana malam itu. Minggu,11 Mei 2008.. Melihat jadwal hari ini..cukup

study khasus yang dilontarkan oleh beliau.Cukup menyenangkan bukan!?di mana dari setiap individu memiliki

menyenangkan rasanya!! Acara pagi kita

keberanekaragaman pemikiran dan perspektif yang berbeda.Seru deh pokokknya!!Sesi diselingi juga oleh istirahat,makan siang,dan ngopi..hmm..ini dia saat yg ditunggu-

Wanderung!Dalam beeberapa kelompok kami terbagi dan masing2 saling berkometisi untuk mendapatkan point

tunggu..bercengkrama sekaligus tetap membahas juga topik dalam sesi..kehangatan cukup terasa di ruang makan.Bahkan bagi kita yang baru satu hari mengenal(bagi teman2 yg baru bergabung) cukup merasakan suasan persaudaraan yang erat..seperti bertemu

sarapan seperti hari sebelumnya,ngobrolngobrol..dan persiapan untuk

tertinggi melalui teka-teki dan pertanyaan2 yg diberikan selama perjalanan.Dibawah terik matahari,sesi permainan dimenangkan oleh kelompok..hmm..kelompok 3 nampaknya. Kami grillen...bermain bebas untuk awankawan Bayern saja,karena kawan2 dari MWD melakukan rapat pleno pergantian


pengurus.Kemudian acara persiapan untuk acara puncak,yang pastinya udh ditunggu2 ,Parodi,,Perjalanan Si Paijo Merantau ke Jerman’’.Idee2 gila terlontar begitu aja..untuk membuat cerita tersebut menjadi semakin menghibur...Ternyata teman2 sekalian cukup memiliki bakat theatrikal yang bisa diacungi jempol,terlihat dari pembawaan peran teman2 yang oke dan sangat menjiawai...,,Ga bakal guwe lupa neh acara sesi ini,manteb abiss’’ begitu komentar salah satu peserta...Oyeah,Drama medley dan award u tiap peserta ‘ter’ merupakan akhir dari acara malam terakhir ini..yaa,,schade,,namun demikian ad beberapa yg tidak ingin melewatkan malam inidgn begitu aja..ad yg sampe semaleman ga tidur,karena ingin ngobrol dan melepas rindu bersama..waa..senangnya.. Minggu,12 Mei 2008... Hari terakhir neh...owh..sedihnya..Packing barang2 pribadi dan panitia..kamipun setelah makan siang dan misa penutupan..berfoto-foto bersama..dan saling berpelukan...Tak lupa salam perpisahan hangat u/ setiap pribadi yang hadir dalam diri kita masing2..Makasih Tuhan,acara seminar tahun itu cukup berkesan banget tentunya buat kami dan berlangsung dengan lancar..


KARYA SASTRA

. . . I M A K I S I U P I S I U P        

Perjuangan aku di sini kau di sana berlari berjuang sama-sama demi harap dan asa; demi cita-cita; demi cinta; kita berjuang menahan goda mencoba tetap membuka mata membaca; mengerti; dan membaca; tekad jiwa melawan lelah raga kita berjuang guruku suatu kali berkata, “mungkin hasil tidak sesuai dengan usaha, tapi tak ada hasil.. tanpa usaha” benar katanya.. maka itu kita berjuang.. perjuanganku perjuanganmu suatu saat akan membawa lagu bagi mereka, anak dan cucu yang berkata terus terang bahwa kita telah berpegang untuk terus berjuang.. Heidelberg, 26 November 2008 Anna Maria Jesica    

  Buat kamu yang menghilang.. kamu yang menghilang.. ke mana melayang? terbang? apa kah aku cuma berawang-awang? akan semua rasa senang? bagai elang.. lenyapmu menerjang tak memberi rentang untuk berkata selamat datang.. dan mengakukan rasa sayang.. … kini tinggal tanda tanya berselubung dalam dada ada apa di sana?? kau yang tak pernah berkata tak menyisakan rasa lega tapi tanya diam mu bagai tapa tak terganggu; meraja berhadapkan saya yang menunggu; setia … hai kamu yang tak bersua.. sampai kapan ruang akan hampa?? hai kamu yang menghilang.. kapan kembali berbayang-bayang?? Heidelberg, 11. Dezember.2008 Anna Maria Jesica  


BUAH KEHIDUPAN

Penjual Ikan Dan Papan Pengumuman Seseorang mulai berjualan ikan segar dipasar. Ia memasang papan pengumuman bertuliskan "Disini Jual Ikan Segar" Tidak lama kemudian datanglah seorang pengunjung yang menanyakan tentang tulisannya. "Mengapa kau tuliskan kata :DISINI ? Bukankah semua orang sudah tau kalau kau berjualan DISINI , bukan DISANA?" "Benar juga!" pikir si penjual ikan, lalu dihapusnya kata "DISINI" dan tinggallah tulisan "JUAL IKAN SEGAR". Tidak lama kemudian datang pengunjung kedua yang juga menanyakan tulisannya. "Mengapa kau pakai kata SEGAR ? bukankah semua orang sudah tau kalau yang kau jual adalah ikan segar, bukan ikan busuk?" "Benar juga" pikir si penjual ikan, lalu dihapusnya kata "SEGAR" dan tinggallah tulisan "JUAL IKAN" Sesaat kemudian datanglah pengunjung ke tiga yang juga menanyakan tulisannya: "Mengapa kau tulis kata JUAL? Bukankah semua orang sudah tau kalau ikan ini untuk dijual, bukan dipamerkan?" Benar juga pikir si penjual ikan,, lalu dihapusnya kata JUAL dan tinggalah tulisan "IKAN" Selang beberapa waktu kemudian, datang pengunjung ke 4, yang juga menanyakan tulisannya : "Mengapa kau tulis kata IKAN?, bukankah semua orang sudah tau


kalau ini Ikan bukan Daging?" "Benar juga" pikir si penjual ikan, lalu diturunkannya papan pengumuman itu. Bila kita ingin memuaskan semua orang, kita takkan mendapatkan apa-apa !

Kita baca dari study khasus diatas..apa yang dapat kita

renungkan kawan-kawan?Sebuah kesalahankah ketika kita melakukan apa yang orang mau dan minta kepada kita?? Seperti apakah cara pandang kita terhadap segala “faktor x” dari luar dan atau orang- orang di sekitar kita ? Mengertilah, kebebasan dan kemenangan jiwa kita,tidak seorangpun sanggup mengaturnya.Jadilah diri anda apa adanya,milikilah target,ekspektasi dan hormatilah pribadi anda sendiri sebagai manusia yang bebas..berfikirlah,bahwa apa yan anda lakukan sekarang ini,kelak akan berguna bagi anda dan banyak orang,percayalah,Tuhan sudah karuniakan kita hikmat yang berbeda-beda dengan fungsinya masing-masing dan perannya dalam hidup ini,temukanlah sejatinya diri anda,jangan seperti kata pepatah“bagai air di atas daun talas”.HIDUPLAH PROAKTIV!!Niscaya Kepuasan itu akan didapatkan oleh anda dan orang-orang yang anda sayangi. Steph_addWd


G N A R O I R A D ,, K A KATA-KATA BIJ NLAH A K G N A U .L K A J I GAT ORANG YANG B N A S G N A Y A D N TU A K A W R A T N E B E S CANA A W H A B M A N E KM U T N ,U A G R A H R E B DA... N A N A A N A S K A KEBIJ Takut akan kegagalan seharusnya tidak menjadi alasan untuk tidak mencoba sesuatu. Kepemimpinan adalah Anda sendiri dan apa yang Anda lakukan. Frederick Smith, Pendiri Federal Express ************************** Kejujuran adalah batu penjuru dari segala kesuksesan, Pengakuan adalah motivasi terkuat. Bahkan kritik dapat membangun rasa percaya diri saat "disisipkan" diantara pujian. May Kay Ash, Pendiri Kosmetik Mary Kay ************************** Jika Anda dapat memimpikannya, Anda dapat melakukannnya. Ingatlah, semua ini diawali dengan seekor tikus, Tanpa inspirasi.... kita akan binasa. Walt Disney, Pendiri Walt Disney Corporation ************************** Uang merupakan hamba yang sangat baik, tetapi tuan yang sangat buruk.


P.T. Barnum, Anggota Pendiri Sirkus Barnum & Bailey ************************** Sumber kekuatan baru bukanlah uang yang berada dalam genggaman tangan beberapa orang, namun informasi di tangan orang banyak. John Naisbitt, Pemimpin Umum Naisbitt Group ************************** Jenius adalah 1 % inspirasi dan 99 % keringat. Tidak ada yang dapat menggantikan kerja keras. Keberuntungan adalah sesuatu yang terjadi  ketika kesempatan bertemu dengan kesiapan. Thomas A. Edison, Penemu dan Pediri Edison Electric Light Company ************************** Ketika satu pintu tertutup, pintu lain terbuka; namun terkadang kita melihat dan menyesali pintu tertutup tersebut terlalu lama hingga kita tidak melihat pintu lain yang telah terbuka. Alexander Graham Bell, Penemu dan Mantan Presiden National Geographic Society ************************** Jangan biarkan jati diri menyatu dengan pekerjaan Anda. Jika  pekerjaan Anda lenyap, jati diri Anda tidak akan pernah hilang.


Gordon Van Sauter, Mantan Presiden CBS News ************************** Hari ini Anda adalah orang yang sama dengan Anda di lima tahun mendatang, kecuali dua hal : orang-orang di sekeliling Anda dan buku-buku yang Anda baca. Charles "Tremendeous" Jones, Presiden Life Management Services, Inc. ************************** Yang terpenting dalam Olimpiade bukanlah kemenangan, tetapi  keikutsertaan ... Yang terpenting dari kehidupan bukanlah kemenangan namun bagaimana bertanding dengan baik. Baron Pierre de Coubertin, Pendiri & Presiden pertama Komite Olimpiade International ************************** Kebahagiaan biasanya merupakan hasil dari sebuah pengorbanan. Sebelum tidur, bertanyalah, kebaikan apa yang sudah kulakukan hari ini ? __________________________________________________ by_Steph


Renungan... tenang,hening dan renungkan Harapan adalah kekuatan yang dibangun dalam diri sendiri, jika orang sudah tidak berpengharapan maka tak akan ada kekuatan padanya. Semoga kita selalu memiliki pengharapan dalam hidup ini Allah menciptakan manusia dalam keadaan baik dan indah. Segala kebutuhan hidup dipenuhi dan tak ada yang luput dari pengamatanNya. Maka jangan takut, yakinlah kalau Allah ada di pihak kita Dalam iman dan pengharapan akan pertolongan Tuhan, kita dapat mengalahkan setiap godaan yang membawa Kita kita pada dosa, karena kasih Allah jauh lebih kuat dari si jahat / iblis Mungkin tidak ada seorang pun yang mengerti beban hidup anda. Tapi sesungguhnya Allah mengerti dan Ia sanggup memulihkan keadaan. Ingatlah Allah sangat mengasihi anda Betapa sulit untuk jadi orang baik dan sabar, mari belajar pada Tuhan Yesus, supaya kita kuat, sebab godaan begitu kuat, seperti emosi,


marah dan tidak sabar tiap kali memenuhi hati kita Kita semua pasti sudah mengalami kesulitan, baik besar maupun kecil dan pertolongan Tuhan tidak pernah terlambat, Dia selalu memakai orang-2 di sekitar kita untuk membantu kita Jangan mengeluh dalam menjalani hidup, mengeluh tidak akan mengubah keadaan. Hidup harus dibentuk, ditata dan dirapikan agar perjalanan hidup menjadi bangunan yang indah. Hiduplah dalam ketekunan Tuhan menyadarkan kita bahwa hanya doa yang dapat mengubah kita dari dalam. Dia mengetahui orang yang bertobat dan mana yang belum bertobat, meskipun demikian Ia tetap penuh kasih Bila kita hidup dalam Tuhan, maka kehadiran kita membawa sukacita, kedamaian dan kesejukan bagi orang lain, jika dengan kekuatan sendiri, emosi, marah dan ketidaksabaran yang muncul Tuhan tidak pernah meninggalkan, walaupun kita mengalami kesedihan, merasa sendirian, terluka, ditolak, dihina, ditinggalkan dan merasa kesepian, Tuhan selalu menemani. _Awong


.s g n u g a

KREASI DAPUR KITA

ICIP-ICIP RESEP Cita rasa Indonesia  r a s a n e enak banget

makan terus,supaya suplay nutrisi terjaga..

AS S A JI A N KBH ERKELAS

E TA P H E M AT PA S , T

Resep Murah Meriah Buat KitaKita Yang Aktif dan Kreatif Salam .. ntuk kita memang sebagi pelajar di Jerman kita banyak sekali menghadapi kendala waktu, apa lagi untuk memasak, oleh karena itu kita mau bagi-bagi resep yang murah tapi meriah dengan waktu persiapan yang tidak lama.

U

So, kita mau bagi2 resep neh dalam rubrik ,,Kreasi Dapur Kita’’ kita kali ini..

Sebelumnya kita bagi dulu resep-resepnya ke dalam 5 hari,,kerja’’ kita sebagai Student yang suer padat dan sibuk..Mengingat resep kita kali ini ga cuman ituitu aja,melainkan kreasi yg berbeda untuk setiap harinya!!haha..biar kita ngga bosen!! Monggo..

nu e M y l Week Senin Internet Auflauf (Überbacken)

Hoho..resep nonvegetarisch ini dibuat buat kamu-kamu yang mau buat masakan pribumi (Eropa.red) namun tetap bercita rasa Indonesia.

Selasa Daging Oseng Buncis ala Kajo

Masakan ala mas Kajo ini..cukup orisinil dan menggugah selera..tumisan buncis dan daging cincang..hmmm..ayo cicipin!! next>>>

Rabu Ayam Cola

Haha..pasti penasaran ma namanya kan?!?Wajib dicoba!! next >>>

Kamis Martabak Telor

Dari namanya udah ketauan kan!?!

Jumat Telur Goreng Tuna

Ini dia,resep Weekend yang Mantab abiss!!!


Panaskan penggorengan, setelah panas masukkan minyak satu sendok makan lalu Zwiebel dan Hackfleischnya diaduk2 sampai matang, setelah itu didihkan air, setelah mendidih rebus mienya sampai setengah matang. Masukkan mie tersebut dan dagingnya ke dalam tempat Auflauf (pyrex tahan panas) Campurkan bumbu, minyak indomie dan telur kocok kedalamnya tambahkan garam dan merica secukupnya. Lalu diadukaduk sampai rata, taburkan keju parut di atasnya, masukkan ke ofen dengan suhu 180° selama kurang lebih 20 menit(diperiksa, jika keju sudah kecoklatan, berarti sudah matang). ------*****-------

Bahan: • 2 siung bawang putih • 1 bawang merah • 250 Daging potong (Gulasch) • Buncis beku • kecap manis • 1 sdm Öl • Garam & merica secukunya

A AYAM C: OL n

Bahan-baha

dah  n wing yang su ke ic h C g  n to 1 kan dibumbui rk apa aja) 1 liter (cola me g  an  y la o l c to 1 bo Cara membuat

uai  icken wing ses h  c g n a g g n a P > >  tersebut,  k u d ro  p n a g n ketera g kecokelatan,  n ta a  m h la te e s   m panci, tuang la a  d e  k n a k k u mas   i se:nggi ayam colanya sampa  rebus sambil  i, c n a ip d t  u b e ters :dak lengket  r  a g  a k u d ia  d li seseka i  tunggu sampa ,  a y in c n a  p a d pa guap. Sajikan  cairannya men ngat.  dengan nasi ha

In te r n e t A u fl a u f -1 Bungkus M ie instan (rekomenda si:Indomie ra sa soto) -Seperempat Zwiebel dihalu skan -Hackfleisch 250 gram -Keju parut -2 butir telur (dikocok) -1 sdm Öl -Garam dan m rica

Daging Oseng Buncis ala Kajo

!

Cara :

Cincan pu:h n b g atau blender b benar2 h awang merahn awang  tambahk alus, masukkan ya sampai   k a menit. P n garam sedikit e daging lalu  a ,d masukka naskan minyak d iamkan selama  10 i w n sampai s  daging campura ajan, setelah p   ana ete n t secukup ngah matang m ersebut oseng‐o s,  nya asu seng  secukup , lalu masukkan kkan kecap ma nis   bun nya, diaduk, s  tutup wajan, sa cis beku  mbil amp garam d ai buncisnya ma  sekali‐kali  an g teng, tam Santap d ula secukupnya bahkan  en  da gan nasi  n hangat.(  rasakan.  1PORSI) ‐‐**‐‐‐‐


MARTABAK TELORR...!!! Bahan‐bahan:  ‐1 pak kulit lumpia beku (yang besar bukan yang buat pangsit) ‐ Daun bawang ‐ 200 gram Hackfleisch ‐ 4 telur ‐ ½ buah bawang bombay ‐ Garam dan lada secukupnya ‐ Minyak untuk menggoreng Cara membuat: ! Potong kecil‐kecil daun bawang dan bawang bombaynya, campurkan bahan tersebut ke  dalam daging dan masukkan telurnya, aduk sampai rata tambahkan garam dula dan lada  secukupnya, Kalau kulit lumpianya sudah :dak beku lagi, ambil satu, lalu taruh campuran  daging tersebut satu sendok makan saja di tengah‐tengah kulitnya, lalu lipat kulitnya yang  rapat, begitu seterusnya, lalu goreng dalam minyak (jangan terlalu panas) sampai  kecokelatan, Sajikan dengan nasi hangat.

r Telu una T g n Gore

Bahan‐bahan:   ‐ 1 kaleng tuna (Th unfisch in Sonnen blummenöl) ‐ Telur 3 bu:r ‐ Garam lada secu kupnya ‐ Minyak untuk me nggoreng ‐ bisa divariasikan  dengan bawang b ombay atau  ‐ sayur lainnya ‐ Daun bawang Cara membuat: Panaskan wajan d engan minyak sed ikit saja,  masukkan juga min ! yak yang dari kale ng tuna  (minyaknya saja), k ocok telur masukk an tuna,  tambahkan garam  dan lada secukup nya, goreng  dan sajikan.

SELAMAT MENCOBA!!!


es tel er (bet ru nken ) Für 10- 15 Tassen Zutaten : - 1 Dose Kokosfleisch/ oder evtl. Agar Agar - 1 Dose Jackfruit Summer hampir tiba nih! Ice Cafe sudah ramai di sanasini dengan berbagai tawaran rasanya yang menarik. Tapi bosen ga sih kalau tiap hari pelawan dahaganya itu-itu aja? Nah,kali ini ada tips yummy nih dan dari kampung halaman pula lho. Dijamin tokcer melawan dahaga dan bikin kamu-kamu fresh lagi deh. Psst..persiapannya juga ga lama sama sekali dan bahannya bisa dengan mudah didapatkan. Selamat mencoba and WELCOME SUMMER!!

( Diese Zutaten findet man in asiatischem Geschäft ) - 1 Stück reife Avocado - Ca. 20 cl Zuckersyrup - ½ bis 1 Dose Süßmilch („Milchmädchen“) - Ca. 300 cl Wasser - Eiswürfel / „ Crushed“ Eis Zubereitu

ng :

1. Avocado einem Löf fe

aufschneid

2. Jackfruit 3. Sämtlich

l zerstücke

en, das Av

n.

ocadofleis

ch mit

in Würfel s

e Zutaten in

chneiden.

einer große n Schüssel it einer Ke lle vorsich tig rühren, Geschmac je nach k Wasser o der Zucker syrup dazu 4. Mit Eisw geben. ürfeln serv ieren. mischen, m

-Nona Loly

ta-


N KA DI AB . NG AR AH ME IN D UD NG IS (S DAH K YA I M NI SU KI GA MA NG KM BA F R SE SE ,SK Y AN L W W JA YO R KA RE G STE ,BIL IAU AN I GE AN MA IR) S W A UR :B KA RI D RI AN H H KI IK NA RT DI N- SA TA T A N NA ELE KE KA NY LI NCE I ME MBA R,V KE NIA JU

Mehr als Messdiener, Misdinar Ă  la KMKI Karlsruhe Menjadi misdinar? Beberapa dari kita mungkin waktu masih kecil dulu pernah mengalaminya. Ya, memang pada umumnya misdinar adalah aktivitas yang diperuntukkan bagi anak-anak berusia 10-15 tahun. Bukan tugas yang berat memang, hanya melayani imam untuk membantu kelancaran liturgi dalam suatu misa. Tapi menjadi misdinar saat sudah kuliah di Jerman? Wow! Tentu bukan hal biasa. Tapi juga bukannya tidak mungkin. Beberapa anggota KMKI-Karlsruhe telah membuktikan bahwa ini sangat mungkin. Ide ini diawali dengan pembicaraan singkat dengan Pfr. Hans-JĂśrg Krieg, pastor moderator KHG (Katolische Hochschulgemeinde) pada suatu kesempatan. Ternyata beliau menyambut baik, dan membuka jadwal bagi anggota KMKI-Karslruhe untuk melayani sebagai misdinar di suatu misa khusus mahasiswa (Hochschulgottesdienst) di gereja St. Bernhard - Karlsruhe.

Vincent Siauw, Billy Juniar dan Yosef Manik menjadi perwakilan KMKI. Didampingi oleh Marlon Hassel penanggung jawab misdinar dari KHG mereka berempat menjalankan tugasnya. Setengah jam sebelum misa Marlon memberi pengarahan dan dilanjutkan dengan sedikit latihan. Sedikit kikuk memang pada awalnya. Bahkan waktu memakai pakaian misdinar pun agak kesulitan. Namun setelah perarakan masuk ke altar seluruh keraguan akhirnya hilang. Seluruh tanggung jawab pun dilaksanakan dengan baik sampai misa berakhir. Di akhir misa Pfr. Krieg menyatakan merasa senang dan berterima kasih atas partisipasi KMKI. Ngomong-ngomong, entah bagaimana dulu kata "misdinar" diserap dalam Bahasa Indonesia. Dalam Bahasa Jerman, misdinar disebut "Messdiener" (= pelayan misa). Tapi yang jelas beberapa teman dari KMKI Karlsruhe ini telah menunjukkan bahwa mereka layak disebut "mehr als Messdiener". ---YOSEF MANIK


KONTAK

Karlsruhe || Wirtschaftingenieurwesen jelly_o_86@yahoo.com

Darmstadt || Elektrotechnik und Informationstechnik pluto_1012@yahoo.com

ADRESSE

Billy Juniar Karlsruhe || Chemieingenieurwesen juniar13@yahoo.de

Bendahara : Michael Widjaya Darmstadt || Informatik eva_gundam@lycos.com

Pusat

Sekretaris : Irene Natalia Karlsruhe || Chemie irene88.natalia@gmail.co m

Sie Konsumsi : Aswin Arianto Darmstadt || Maschinenbau aswin_arianto@gmx.de

Koordinator : Yohanes Pranata Essen || Bauingenieurwesen peace8821@yahoo.com

Bendahara : Adeline Aditirtono Karlsruhe dear_jenonk@yahoo.com

Sie Liturgi : Stella Marissa Eleonora Darmstadt || Architektur & Facility Management punyanyaella@yahoo.com

Sekretaris : Rinay Ryani Essen || Wirtschaftsinformatik rinay_ryani@yahoo.com

Sie Liturgi : Meliani Arianto Karlsruhe meliani_a@hotmail.com

Bendahara : Cornelius Swiyanto Aachen || Rohrstoffingenieurwesen khab00key@yahoo.com Urusan Seminar : Anna Maria Jesica Heidelberg || Molekulare Biotechnology clara_angela2004@yahoo. com

Sie Akademis : Anson Santoso Wong Karlsruhe || Maschinenbau wong_as@yahoo.de Yuvens Genoveva Tantra Karlsruhe || Elektroteknik tantra.yuvens@web.de

Urusan Publikasi : Michael Widjaja Darmstadt || Informatik eva_gundam@lycos.com

Sie Publikasi : Ardo Adiwidjaja Karlsruhe a.adiwidjaja@web.de

Karlsruhe Koordinator : Ursula Gita Astuti

Darmstadt Koordinator : Erwin Sumendong

Rhein Main Koordinator : Ajie Sulistyo R端sselsheim || Fernsehtechnik und elektronische Medien, FH Wiesbaden ajie.sulistyo@web.de Sekretaris : Anastasia Trisnayuda Koblenz || Computervisualistik anastasia.trisnayuda@web. de Bendahara : Claudia Atmadjaja Kristyanto R端sselsheim || Hausfrau


Thanks


daftar isi


Aliquam Amet Est, Quam Leo Mauris Turpis Vulputate Lacus Gravida Suspendisse et lorem ipsum dolor sit amet, ligula suspendisse nulla pretium, rhoncus tempor placerat fermentum, enim integer ad vestibulum volutpat. Nisl rhoncus turpis est, vel elit, congue wisi enim nunc ultricies sit, magna tincidunt. Maecenas aliquam maecenas ligula nostra, accumsan taciti. Sociis mauris in integer, a dolor netus non dui aliquet, sagittis felis sodales, dolor sociis mauris, vel eu libero cras. Interdum at. Eget habitasse elementum est, ipsum purus pede porttitor class, ut adipiscing, aliquet sed auctor, imperdiet arcu per diam dapibus libero duis. Enim eros in vel, volutpat nec pellentesque leo, temporibus scelerisque nec.

G

Ac dolor ac adipiscing amet bibendum nullam, massa lacus molestie ut libero nec, diam et, pharetra sodales eget, feugiat ullamcorper id tempor eget id vitae. Mauris pretium eget aliquet, lectus tincidunt. Porttitor mollis imperdiet libero senectus pulvinar. Etiam molestie mauris ligula eget laoreet, vehicula eleifend. Repellat orci eget erat et, sem cum, ultricies sollicitudin amet eleifend dolor nullam erat, malesuada est leo ac. Varius natoque turpis elementum est. Duis montes, tellus lobortis lacus amet arcu et. In vitae vel, wisi at, id praesent bibendum libero faucibus porta egestas, quisque praesent ipsum fermentum placerat tempor. Curabitur auctor, erat mollis sed fusce, turpis vivamus a dictumst congue magnis. Aliquam amet ullamcorper dignissim molestie, gravida mollis. Tortor vitae tortor eros wisi facilisis. Repellat orci eget erat et, sem cum, ultricies sollicitudin amet eleifend dolor nullam erat, malesuada est leo ac.

Varius natoque turpis elementum est. Repellat orci eget erat et, sem cum, ultricies sollicitudin amet eleifend dolor nullam erat, toque turpis elementum est. Ac dolor ac adipiscing amet bibendum nullam, massa lacus molestie ut libero nec, diam et, pharetra sodales eget, feugiat ullamcorper id tempor eget id vitae. Mauris pretium eget aliquet, lectus tincidunt. Porttitor mollis imperdiet libero senectus pulvinar. Etiam molestie mauris ligula eget laoreet, vehicula eleifend. Repellat orci eget erat et, sem cum, ultricies sollicitudin amet eleifend dolor nullam erat, malesuada est leo ac. Varius natoque turpis elementum est. Duis montes, tellus lobortis lacus amet arcu et. In vitae vel, wisi at, id praesent bibendum libero faucibus porta egestas, quisque praesent ipsum fermentum placerat tempor. Curabitur auctor, erat mollis sed monte fusce, turpis vivamus a dictumst congue turpis elementum magnis. Aliquam amet ullamcorper dignissim molestie, gravida mollis. Tortor vitae tortor eros wisi facilisis. Consectetuer arcu ipsum ornare pellentesque vehicula, in vehicula diam, ornare magna erat felis wisi a risus. Justo fermentum id. Malesuada eleifend, tortor molestie, a fusce a vel et. Mauris at suspendisse, neque aliquam faucibus adipiscing, vivamus in. Wisi mattis leo suscipit nec amet, nisl fermentum felis in, sed ligula. In sodales suspendisse mauris quam etiam erat, quia tellus convallis eros rhoncus diam orci nisl arcu vitae laoreet. Morbi integer molestie, amet gravida suspendisse morbi, amet maecenas, a maecenas mauris neque proin nisl mollis. Suscipit nec nec ligula ipsum orci nulla, in

posuere ut quis ultrices, lectus eget primis vehicula velit hasellus lectus, vestibulum orci laoreet inceptos vitae, at consectetuer amet et consectetuer. Congue porta scelerisque praesent at, lacus vestibulum et at dignissim cras urna, ante convallis turpis duis lectus sed aliquet, at tempus et ultricies. Eros sociis cursus nec hamenaeos dignissimos imperdiet, luctus ac eros sed massa vestibulum, lobortis adipiscing praesent. Nec eros eu ridiculus libero felis. Donec arcu risus diam amet sit. Congue tortor cursus risus vestibulum commodo nisl, luctus augue amet quis aenean maecenas sit, donec velit iusto, morbi felis elit et nibh. Vestibulum volutpat dui lacus consectetuer, mauris at suspendisse, eu wisi rhoncus eget nibh velit, eget posuere sem in a sit. Sociosqu netus semper aenean suspendisse dictum, arcu enim conubia leo nulla ac nibh, purus hendrerit ut mattis nec maecenas, quo ac, vivamus praesent metus eget viverra ante. Natoque placerat sed sit hendrerit, dapibus velit molestiae leo a, ut lorem sit et lacus aliquam. Congue porta scelerisque praesent at, lacus vestibulum et at dignissim cras urna, ante convallis turpis duis lectus sed aliquet, at tempus et ultricies. Malesuada eleifend, tortor molestie, a fusce a vel et. Duis montes, tellus lobortis lacus amet arcu et. In vitae vel, wisi at, id praesent bibendum libero faucibus porta egestas, quisque praesent ipsum fermentum placerat tempor. Curabitur auctor, erat mollis sed monte fusce, turpis vivamus a dictumst congue turpis ante elementum magnis.


ANTAR KITA MWD