Issuu on Google+

GRAPHIC STANDARDS MANUAL GLOBAL TV


INTRODUCTION

Pedoman identitas perusahaan (Graphic Standard Manual) merupakan upaya untuk menjaga keseragaman identitas perusahaan. Pedoman identitas ini akan menjadi panduan dalam mengelola tampilan identitas perusahaan. Keseragaman tampilan identitas baik dari tampilan sarana, elemen komunikasi maupun elemn promosi sangat diperlukan dalam menjaga dan meningkatkan citra perusahaan. Beberapa tujuan dalam menerbitkan pedoman identitas perusahaan : • Menyelaraskan tampilan perusahaan baik signage, stationari, armada, seragam operasional, berbagai sarana komunikasi literatur, serta sara komunikasi promosi lainnya. • Menjadi satu pedoman yang mudah dimengerti dan dipakai oleh semua divisi dan kalangan yang berkepentingan dalam membuat meteri promosi dan display. • Menjaga konsistensi tampilan identitas perusahaan, tingkat kemudahan untuk dilihat dan dibaca di berbagai situasi.

1


2


CONTENT

BRAND IMAGE EDITOR’S MESSAGE

BASIC ELEMENTS

APLICATION

Corporate signature

Outdoor signage

Corporate color

Uniform

Corporate typeface

Merchandise

Signature composition

Signage building

Signature structure

Oprational car

Signature color system

Id card

Logo treatment

Microphone

Identity staging

Trophy

Identity clear space

Newsdesk

Identity minimum size

Topik berita

Super graphic

Website

3


4


BRAND IMAGE

Logo baru GlobalTV adalah gambaran dari sistem pengenalan visual dan cerminan dari brand GlobalTV sendiri. Petunjuk pedoman dalam buku ini sebaiknya dipertimbangkan untuk diperhatikan akan ketetapan dan peraturan akan seluruh unsur-unsur logo. Desainnya terbuat dari bentuk peta Indonesia, dimana melambangkan coverage GlobalTV yang merupakan salah satu stasiun televisi Indonesia. Warna biru dibawah warnah putih peta Indonesia melambangkan perairan Indonesia dan untuk menjelaskan GlobalTV yang selalu produktif untuk menyiarkan program-program menarik. Desainnya yang berbentuk persegi dengan sisi-sisinya yang tumpul, diberi warna biru. Sedangkan dibagian dalam kotak terdapat potongan lengkungan jika dilihat dengan jelas akan berbentuk huruf “G” dimana GlobalTV selalu menonjolkan huruf “g” tersebut dalam pergantian logonya. Potongan lingkaran tersebut diberi warna merah yang merupakan keunggulan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang informatif sehingga dapat berkembang, dan berbeda dengan stasiun televisi yang lainnya. Penggunaan jenis typefacenya yang tipis dan tidak jauh beda dengan konsep sebelumnya yang menggabungkan huruf “TV” dengan diberi warna merah, agar target audience GlobalTV dapat melihat dengan jelas dari berbagai kalangan. Warna biru yang berarti dapat dipercaya, harmoni, dan produktif. Sedangkan warna merah sendiri mempunyai arti profesional, dan unggul dari stasiun televisi lainnya.

5


6


EDITOR’S MESSAGE

Tugas re-design baru logo GlobalTV bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan mutu stasiun televisi lokal. Transformasi yang dilakukan oleh Global TV tidak hanya untuk kalangan kelas bawah, tetapi menengah dan kalangan kelas atas. Logonya yang sekarang difokuskan untuk dapat memperjelas semua kalangan dan juga dilengkapi dengan citra perusahaan. Target audience akan mengenal GlobalTV tidak hanya pada nama saja tetapi bisa melihat GlobalTV sebagai stasiun televisi yang dapat menhibur dan informatif dalam menayangkan program-progmanya. GlobalTV menampilkan logo yang baru agar lebuh unggul dari stasiun televisi lain dan siap untuk bersaing untuk menjadi stasiun no satu Indonesia dan masih terus berkembang. Peluncuran logo baru ini menjadi new performance GlobalTV yang profesional, dinamis, dan kreatif yang selalu melekat dalam ingatan. Logonya kali ini merupakan transformasi dari wilayah Indonesia, budaya, dan perkembangan tekhnologi yang berguna memberikan tampilan yang siap untuk menjadi terdepan dan dapat dipercaya bersifat universal bagi seluruh warga Indonesia.

Anissa Asherina

7


8


BASIC ELEMENTS

Corporate signature Corporate color Corporate typeface Signature composition Signature structure Signature color system Logo treatment Identity staging Identity clear space Identity minimum size Super graphic

9


Basic elements

CORPORATE SIGNATURE

Logo Global TV terdiri dari Logogram dan symbol. Logo Global TV ini di desain dengan menggunakan syarat-syarat yang telah diatur dan sebaiknya tidak diubah. Menggunakan setiap artwork yang telah diakui untuk setiap pemakain.

Logogram

10

Global

Logotype

Logo peta Indonesia dengan potongan lingkaran didalam kotak yang tumpul di setiap sisinya untuk melambangkan Global TV. sisinya nya yang tumpul untuk memberikan kesan Global TV yang inovatif dan berkembang. Potongan lingkaran yang dinamis berwarna merah melambangkan kekuatan Global TV untuk menuju Indonesia yang maju penuh dengan sumber informasi. Tipografi menimbulkan kesan kekuatan dan kualitas. Tipografi menggunakan sans serif yang terkesan bulat dan tipis. lambang biru pada logotype melambangkan kesan profesional, kepercayaan, dan kesetian. Sedangkan warna merah menunjukan keunggulan, energi, dan revolusi. Warnawarna ini menunjukan kinerja global tv pada saat ini.


Basic elements

CORPORATE COLOR

Warna adalah bagian yang penting dari sebuah identitas yang menciptkan image perusahaan. Untuk itu penggunaan warna identitas yang tepat adalah hal yang sangat penting. Ketetapan penafsiran warna perusahaan adalah hal yang paling penting. Spesifik warna-warna yang tepat dapat digunakan sebagai dasar untuk penyesuaian warna pada aplikasi yang akan digunakan. Penggunaan RGB untuk display pada layar komputer, CMYK dan pantone untuk hasil print media. Berikut ini merupakan warna utama yang harus direproduksi secara akurat, kapanpun dan dimanapun warna ini selalu digunakan di dalam Global TV.

Primary color

Primary color

2. Merah

1. Biru

C=0, M=100, Y=100, K=0 R= 237.27, G= 28.44, B= 36.26 Pantone Red 032C

C=100, M=87, Y=35, K=0 R= 30.25 , G= 68.65, B= 152.24 Pantone 661C

11


Basic elements

CORPORATE TYPEFACE

Penggunaan typeface dalam pembuatan logo merupakan hal yang penting untuk membuat image baru dalam sebuah logo. Sebuah logo dapat menimbulkan kesan yang baik jika dengan typeface yang baik pula. Jenis typeface yang digunakan pada identitas perusahaan adalah jenis typeface abeatbyKai. Jenis typeface sekundernya adalah calibri. Typeface sekunder ini digunakan pada berbagai aplikasi seperti stationary diantaranya kartu nama, kop surat, cd, amplop folder dan yang lainnya. jenis huruf ini mempunyai peran yang sama yaitu sebagai alat informasi dan komunikasi dari sistem identitas perusahaan. Primary :

Bold :

abeatbyKai

abcdefghijklm nopqrstuvwxyz ABCDEFGHIJKLM NOPQRSTUVWXYZ 1234567890

12

Regular : a b c d e f g h i j k l m n o p q r s t u v w x y z A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z . , ; : ! ? ( ) / \ Sekunder : Calibri Regular : abcdefghijklm nopqrstuvwxyz ABCDEFGHIJKLM NOPQRSTUVWXYZ 1234567890

Italic : abcdefghijklm nopqrstuvwxyz ABCDEFGHIJKLM NOPQRSTUVWXYZ 1234567890


Basic elements

SIGNATURE STUCTURE

Logo utama Global TV ini adalah hal yang sangat mendasar dan merupakan komponen penting dari stanar identitas Gloabal TV. Berikut ini adalah identitas perusahaan Global TV. Penting untuk di perhatikan bahwa antara tulisan dan simbol merupakan satu kesatuan yang harus diterapkan secara konsisten yang tidak boleh diubah-ubah penempatannya. Tidak ada lpgo alternatif atau variasi, penggunaan logo hanya menggunakan logo utama berikut. Logotype dan logogram merupakan satu hal yang tidak terpisah. Disini disajikan penerapan proposional untuk menghindari kesalahan yang mungkin terjadi. pengunaan X-Height untuk menggambarkan bagaimana membuat proporsi yang benar dari penggabungan logotype dan logogram.

44X 0.3X 13

44X

44X

6X 10X

6X

G

10X 44X


Basic elements

SIGNATURE COMPOSITION

Komposisi typeface selalu berada dibawah logogram yang menunjukan identity perusahaan. Typeface tersebut tidak dapat diubah atau digeser. Dalam aplikasi maupun website komposisi logo tetap sama, dimana logotype berada dibawah logogram. Logotype tersebut dibagi dua primary dan secondary mempunyai kepentingan yang sama satu sama lain.

14

Global Primary

Secondary


Basic elements

SIGNATURE COLOR SYSTEM

Diperbolehkan pengaplikasian identitas pada latar belakang berwana putih dan warna sangat muda.

G lobal

G lobal Dilarang untuk pengaplikasian identitas pada latar belakang berwarna gelap atau pemakaian warna latar belakang yang ada pada warna premier identitas.

G lobal

G lobal

15


Basic elements

SIGNATURE COLOR SYSTEM

Diperbolehkan pengaplikasian identitas pada latar belakang positif maupun negatif

G lobal

G lobal

16

Dilarang pengaplikasian identitas pada warna gray scale.

G lobal


Basic elements

LOGO TREATMENT

Aturan pengaplikasian identitas harus diterapkan sesuai standar yang telah ditentukan mulai dari pemakaian warna primer identitas, komposisi struktur antara logogram dan logotype, hingga aplikasi latar belakang identitas. Penjelasan berikut ini merupakan komposisi yang harus dihindari dalam penerapan identitas 17


Basic elements

LOGO TREATMENT

G lobal

G lobal 18

Merubah komposisi identitas

Penggunaan outline identitas

G lobal Logogram tanpa logotype

Pemberian outline putih


Basic elements

LOGO TREATMENT

G lobal Mengganti warna primer identitas

G lobal Menggunakan latar belakang bergambar atau bermotif

G lobal menggunakan warna primer pada latar belakang yang berwarna gelap

G lobal Mendistorsi identitas

19


Basic elements

IDENTITY STAGING

Grid adalah sebuah pedoman ukuran logo perusahaan. Grid akan sangat membantu menjaga proporsi simbol dan logotype agar tetap seimbang. Grid sangat diperlukan dalam pembuatan logo dalam tahap manual.

20

Berpedoman pada X, yaitu tinggi pada logotype standar Global TV, Bentuk, ukuran dan proporsi huruf pada logo maupun logogram, sudah menjadi sesuatu yang absolut dan tak dapat diubah.

3x

24 x

15 x

19 x7

.5 x

27 x

66 x 16 x 3x

20 x 7x 11x

7x

G 11 x

11 x 8.5 x

1x1x 1x

8.5 x8 .5 x

2x 1x1x

17.5 x


Basic elements

IDENTITY CLEAR SPACE

Pengaplikasian identitas harus memiliki batas margin di setiap sisinya. batas margin ruang kosong ini bertujuan agar tidak terjadi persinggungan antara identitas dengan elemen grafis lainnya. Batas ini juga memberikan efek visual yang mampu membuat identitas terlihat berdiri sendiri. Patokan ukuran batas margin sesuai dengan ukuran tinggi lowercase.

16 x

44 x

16 x 21

10 x

44 x

75 x

6x

G

10 x 9x 75 x


Basic elements

IDENTITY MINIMUM SIZE

Tidak diperkenankan untuk mereproduksi logo Global TV memakai ukuran yang lebih kecil dari yang ditunjukkan di halaman ini. Ukuran minimal ini ditetapkan berdasarkan besar atau ukuran huruf pada skala tersebut, yang masih memungkinkan untuk terlihat atau terbaca dengan jelas. Namun, untuk beberapa kondisi reproduksi khusu seperti cetakan koran, cetak-poli (hot-print) atau cetak sablon, gunakan selalu ukuran yang lebih besar dari ukuran minimal apabila memungkinkan, agar logo tidak kehilangan bentuk asli akibat proses percetakan.

22

44 mm

19,5 mm

29,5 mm G lobal

G lobal

G lobal 54 mm

21,5 mm

15,2 mm


Basic elements

SUPER GRAPHIC

Untuk menunjang nilai estetis dari pengaplikasian logo Global TV, digunakan suatu elemen grafis berupa super-graphic. Super graphic ini berasal dari 2 warna korporat Global TV, berupa potongan lingkaran berwarna merah, dan warna biru dari potongan sisi logo. Warna tersebut mencerminkan dunia baru Global TV. Dapat digunakan dengan berbagai proporsi ukuran dan pemotongan, namun nilai estetis harus tetap dipertahankan. Elemen grafis berupa garis border ini digunakan pada hampir semua media identitas Global TV, baik media surat menyurat, maupun promosi. Penggunaan border juga berfungsi sebagai identitas perusahaan. 23

primer

Sekunder


24


STATIONARY

Letterhead Envelopes Business card Folder CD Big envelopes G lobal 25

G lobal PT G lobal Informasi Bermutu Ariobimo S entral Buildi ng Ph 2 Floo r, Jl. HR Rasuna Said Blo k X-2 Ka v5, Jaka rt a 12 95 0, Ind onesia Tl p +6 22 15 29 21 11 5, +62 8881 76 0170, +6 28 16 87 52 25 | Fa x +6 22 15 2259 22 ww w.globa lt v.co .i d

G

G lobal

G lo

ba

l

G

G

PT Global Informasi Bermutu Ariobimo S entral Building Ph 2 Floo r, Jl. HR Rasuna Said Blo k X-2 Ka v5, Jaka rt a 12 95 0, Ind onesia

PT G lobal Informasi Bermutu Ariobimo S entral Building Ph 2 Floo r, Jl. HR Rasuna Said Blo k X-2 Ka v5, Jaka rt a 12 95 0, Ind onesia Tl p +6 22 15 29 21 11 5, +62 8881 76 0170, +6 28 16 87 52 25 | Fa x +6 22 15 2259 22 ww w.globa lt v.co .i d

Tl p +6 22 15 29 21 11 5, +62 8881 76 0170, +6 28 16 87 52 25 | Fa x +6 22 15 2259 22 ww w.globa lt v.co .i d


Stationary

LETTERHEAD

Ukuran letterhead: 210 mm x 297 mm jenis kertas : HVS 120 g

11 mm 40mm

159 mm

29mm 25 mm G lobal

26

Alamat : Huruf : Calibri Ukuran : 8,5pt & 7pt Kerning : 25 Warna : hitam, biru dan merah

205 mm

260 mm

67 mm

PT Globa l Informas i Bermut u Ario bimo Sentral Buildin g Ph2 Floor, Jl. HR Rasun a Said Blok X-2 Kav5, Jaka rt a 1295 0, I ndonesi a

8 mm

Tlp +6221529211 15, +628 881760170, +62816875225 | Fax +62215225922 ww w.globalt v.co.id

164 mm

46 mm


Stationary

ENVELOPES

8 mm

21 mm

214 mm

8 mm

Amplop 28 mm

69 mm

G lobal

79 mm

46 mm

158 mm

58 mm

36 mm

115 mm

72 mm

PT G lobal Informasi Bermut Ariobimo Sen tral Building Ph2 Floo Jl. HR Rasuna Sa id Blok X-2 Ka v5, Jaka rt a 12 95 0, Indonesia

u r,

Tl p +6 22 15 29 21 11 5, +62 8881 76 0170, +6 28 16 8752 25 | Fa x +6 22 15 2259 22 ww w.global tv .co.id

8 mm 8 mm

229 mm

jenis kertas : HVS 150 g alamat Huruf : Calibri Ukuran : 8,5 pt & 7 pt Kerning : 25 Warna : putih, merah, biru.

185 mm

177 mm

8 mm

Ukuran bidang : 230 mm x 110 mm

6 mm

27


Stationary

BUSINESS CARD

Ukuran bidang : 78 mm x 50 mm jenis kertas : Art karton 260 g

12 mm

26 mm

12 mm

9 mm

9 mm

61 mm

61 mm

Tampak depan Logo Global TV 28

Warna : putih, merah, biru

G 9 mm 12 mm

9 mm 26 mm

12 mm


Stationary

BUSINESS CARD

4mm

46 mm

Ukuran bidang : 78 mm x 50 mm

4 mm 14 mm

jenis kertas : Art karton 260 g

22 mm Tampak belakang Alamat Huruf : Calibri Ukuran : 8,5pt & 7pt Kerning : 25

PT Glo bal Informasi Bermutu

27 mm

Ariobimo S entral Building Ph2 Floor, Jl. HR R asun a Said Blok X-2 Kav5, Jakar ta 12950 , Indonesia Tlp +6221529211 15, +628881760170, +62816875225 | Fax + 6221 5225922 ww w.global tv.co.id

11 mm

14 mm

4 mm 6 mm

40 mm

64 mm

Warna : putih, merah, biru, hitam

29


Stationary

FOLDER

Ukuran bidang : 78 mm x 50 mm jenis kertas : Art karton 260 g

30

Tampak depan dan belakang Huruf : Calibri Ukuran : 8,5 pt & 7pt Kerning : 25 Warna : putih, merah, biru, hitam

115 mm

115 mm

11 mm 239 mm

65 mm 50 mm

66 mm

114 mm 49 mm

G lobal

121 mm

58 mm

G lobal PT G lobal Informas i Bermut u Ariobimo Sentral Building Ph 2 Floo r, Jl. HR Rasuna Said Blok X-2 Ka v5, Jakar ta 12 95 0, I ndonesia

11 mm

Tl p +6 22 15 29 21 11 5, +62 8881 76 0170, +6 28 16 87 52 25 | Fax +6 22 15 2259 22 ww w.globalt v.co .i d

79 mm 40 mm

131 mm 333 mm

167 mm


Stationary

FOLDER

250 mm

125 mm

Ukuran bidang : 78 mm x 50 mm

125 mm

135 mm

135 mm

jenis kertas : Art karton 260 g

79 mm

Huruf : Calibri Ukuran : 8,5 pt & 7pt Kerning : 25

215 mm 136 mm

15 mm

156 mm

39 mm 125 mm

125 mm

Warna : putih, merah, biru, hitam

31


Stationary

BIG ENVELOPES

Ukuran bidang : 41.5 cm x 30.3 cm Tampak depan dan belakang Huruf : Calibri Ukuran : 8,5 pt & 7pt Kerning : 25 32

15 mm

153 mm

218 mm

44 mm

40 mm 153 mm 35 mm 35 mm 57 mm

Warna : putih, merah, biru, hitam

G

415 mm

323 mm

PT G lobal Informasi Bermut

u

Ariobimo S entral Build in g Ph 2 Floo r, Jl. HR Rasuna Said Blok X-2 Ka v5, Jaka rt a 12 95 0, Ind onesi a Tl p +6 22 15 29 21 11 5, +62 8881 76 0170, +6 28 16 87 52 25 | Fa x +6 22 15 2259 22 ww w.globa lt v.co .i d

20 mm 15 mm

153 mm

303 mm

153 mm


Aplication

CD

43 mm

36 mm

41 mm

Ukuran bidang : 120 mm x 120 mm

18 mm 9 mm

Jenis kertas: stiker

G

Tampak depan Typeface Global TV 120 mm

93 mm

120 mm

Warna : putih, merah, biru

33


34


Aplication

APLICATION

Outdoor signage Uniform Merchandise Signage building Oprational car Id card Microphone Trophy Newsdesk Template siaran berita Website

35


Aplication

OUTDOOR SIGNAGE

Pengaplikasian signage menggunakan identitas visual Global TV menggunakan warna merah dan biru buat element pendukungnya.

36

G lobal


Aplication

UNIFORM

2

1

1. Seragam pria 2. Seragam wanita G

G

37


Aplication

MERCHANDISE

Pada dasarnya, aplikasi pada materi merchandising tidak mempunyai standar baku. Hal yang perlu diperhatikan bahwa karakter dari identitas dari Global TV itu sendiri, baik dari warna maupun logo tetap diperhatikan secara proporsi dan estetis.

38

Hindari pemakaian logo di item yang dapat menurunkan citra dari Garuda Indonesia, seperti tempat sampah, kotak tisu, ataupun benda-benda berbahaya seperti Pocket Tools. Penggunaan


Aplication

MERCHANDISE

G lobal

G

39

G lobal

G

G


Aplication

SIGNAGE BUILDING

Untuk bangunan milik Global TV yang beroperasi khusus untuk keperluan Global TV, digunakan desain warna cat tembok seperti warna korporat.

40

G lobal

G lobal


Aplication

OPRATIONAL CAR

1 1. Tampak samping 2. Tampak depan 3. Tampak belakang G lobal

41

2

3

G lobal


Aplication

ID CARD

1

2 1. Tampak depan 2. Tampak belakang G

ID CARD 42

Audie Azlinshah Genaral Manager Sales


Aplication

MICROPHONE

Pengaplikasian menggunakan media microphone

43

G


Aplication

TROPHY

Pengaplikasian menggunakan media piala dalam penghargaan suatu acara movie awards

44

MOVIE AWARDS

G

2012


Aplication

NEWSDESK

Pengaplikasian menggunakan media meja berita Indonesia Bicara salah satu acara berita Global TV

45

INDONESIA BICARA G


Aplication

TEMPLATE SIARAN BERITA

Pengaplikasian identitas perusahaan menggunakan televisi pada acara berita

46

G

INDONESIA BICARA FOKE-NARA PADA PILKA DA PUTARAN PER TAMA

okezone.co m


Aplication

47

G

INDONESIA BICARA MENGHA DAPI KEMACE TAN JAKARTA

okezone.co m


Aplication

WEBSITE

Pengaplikasian identitas perusahaan menggunakan website

48

1. Home


Aplication

2. About us

3. Contact

49


Aplication

4. Career

50

5. GlobalTV Peduli



Graphic Standard Manual