Issuu on Google+

Laporan Kunjungan Industri

AKRB YOGYAKARTA Dan PEMKAB JEMBRANA

Laporan Kunjungan Industri

Page 1


IDENTITAS SISWA

Nama:

Anggi Juhniawan

Kelas:

X RPL 2

Tempat, Tanggal Lahir:

Bogor, 23 Juni 1998

Jenis Kelamin:

Laki-laki

Golongan Darah:

O

No. Induk Siswa:

9987154745

Sekolah: Alamat:

SMKN 1 Depok Cimpaeun, rt01/04

Laporan Kunjungan Industri

Page 2


Daftar Isi

KATA PENGANTAR Puji dan syukur kami ucapkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga penyusunan Laporan Kunjungan Industri di AKRB(STMIK AMIKOM) Yogyakarta dan Pemkab Jembrana(SMKN 3 Negara) ini dapat terselesaikan dengan baik tanpa kendala. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan Kunjungan Industri ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, oleh karena itu pada kesempatan ini kami menyampaikan ucapan terima kasih. Akhirnya, saya menyadari bahwa dalam penyusunan laporan kunjungan industri masih banyak kekurangan. Karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan, untuk itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan Laporan Praktik Industri ini. Demikian kata pengantar ini saya buat, semoga dapat bermanfaat, khususnya bagi diri pribadi saya sendiri dan pembaca pada umumnya.

Laporan Kunjungan Industri

Page 3


DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang 1.2 Maksud dan Tujuan 1.3 Waktu dan Tempat Pelaksanaan BAB II PROFIL 2.1 AKRB dan STMIK AMIKOM Yogyakarta 2.2 Pemkab Jembrana dan Smk N 3 Negara BAB III PENUTUP 3.1 Kesimpulan 3.2 Saran 3.3 Lampiran

Laporan Kunjungan Industri

Page 4


Bab 1 Pendahuluan 1.1 Latar Belakang Kunjungan industri dipilih untuk menambah pengalaman siswa tentang dunia kerja. Siswa dituntut untuk aktif menggali informasi tentang kunjungan industri untuk memperoleh pengetahuan tentang proses pembuatan gula pasir dan alkohol. Kunjungan industri dilakukan untuk memberikan gambar kepada siswa tentang industri dan proses produksi di bidang agrobisnis dengan produk gula pasir dan alkohol. Siswa harus membandingkan proses produksi di dunia kerja dengan ilmu yang diperoleh di sekolah. Siswa diwajibkan membuat laporan atas informasi yang di peroleh selama kunjungan industri tentang perusahaan yang bersangkutan.

1.2 Maksud dan Tujuan Maksud dan Tujuan kami untuk Kunjungan Industri adalah untuk melihat langsung sesuatu percontohan Sistem IT dan juga untuk menambah wawasan .

1.3 Waktu dan Tempat Pelaksanaan Kunjungan Industri di: AKRB(Akademi Komunikasi Radya Binatama) : Pukul: 10.00 WIB - selesai Hari/Tanggal: Senin, 21 april 2014 Pemkab. Jembrana(SMK N 3 Negara): Pukul: 07.00 WITA – Selesai Hari/tanggal: Rabu, 23 april 2014

Laporan Kunjungan Industri

Page 5


Bab 2 Profil Kunjungan Industri 2.1 AKRB( Akademi Komunikasi Radya Binatama) 1.

Sekilas AKRB

AKRB adalah Perguruan tinggi yang dipercaya pemerintah berdasarkan SK. AKRB dikelola oleh manajemen AMIKOM Group yang memiliki 6 perguruan tinggi Swasta Unggulan, Stasiun televise RBTV, stasiun radio dan berbagai unit lainnya yang dapat digunakan mahasiswa untuk tempat praktek(magang). 2.

Keunggulan AKRB 1. Manajemen berpengalaman lebih dari 25 tahun di dunia pendidikan dan industry media 2. Didukung industri media milik STMIK AMIKOM dan RB Group sebagai magang kerja 3. Menerapkan konsep Link dan Match 4. Dosen berkualitas dan praktisi dan akademis 5. Kurikulum terarah sesuai kebutuhan dunia kerja

Laporan Kunjungan Industri

Page 6


6. Biaya terjangkau dan dapat diangsur 7. Study Broadcast ke stasiun TV local, Nasional dan Production House(PH) untuk study lapangan 8. Kerja sama dengan perusahaan dan instansi untuk magang dan penyaluran kerja 9. Beasiswa dari yayasan, pemerintah, dan swasta. 10. Praktek riil Produksi Acara TV Pelangi Jogja 3.

Fasilitas 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9.

4.

Studio TV & Radio Lab. Audio Visual Lab. Editing Lab. Multimedia Fotografi Perpustakaan Ruangan ber-AC Free Hotspot Berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa

Program Studi Program Studi ada 3, diantaranya: 1. Program Acara TV & Radio Anda lebih mendalami proses kreatif dan produksi suatu acara TV & Radio

2. Film & Sinetron Anda belajar bagaimana proses kreatif dan produksi suatu film & sinetron

3. Multimedia Anda belajar bagaimana memanfaatkan teknologi multimedia sebagai pendukung produksi acara TV, iklan, dan film 5.

Proses Pembelajaran

Laporan Kunjungan Industri

Page 7


1. Pelatihan Super Unggul Sebelum perkuliahan, mahasiswa mengikuti Pelatihan Super Unggul(PSU) agar lebih mengetahui potensi diri dan mampu memotivasi untuk mencapai tujuan.

2. Opiek(Orientasi Pengenalan Intern Ekstern Kampus) Pengenalan dan penjelasan tentang dunia kampus dan aktivitasnya, sekaligus untuk menjalin keakraban dan kebersamaan sesame mahasiswa baru, juga dengan senior, manajemen dan dosen sehingga terjalin rasa kekeluargaan.

3. Proses Belajar Mengajar Diawali kegiatan perwalian dan dilanjutkan dengan perkuliahan teori dan praktikum sesuai kurikulum yang ad adari semester I s/d VI.

4. Study Broadcast Kegiatan Study Broadcast dilaksanakan pada semester II dengan mengunjungi industry media , agar wawasan mahasiswa bertambah dan memahami kondisi nyata bekerja di industry media.

5. Magang Kerja dan Tugas Akhir Mahasiswa melaksanakan magang kerja pada semester VI selama 1-3 bulan, selanjutnya menyiapkan data untuk perbuatan laporan Tugas Akhir(TA). 6. Lulus dan Siap Kerja Setelah mengikuti serangkaian proses pembelajaran maka mahasiswa ditargetkan lulus tepat waktu dan segera bisa berkerja. 6.

Ekstra Kurikuler Kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan mahasiswa di AKRB sebagai berikut: Radio Kampus, Program Acara TV(Pelangi Jogja) di RBTV, Pembuatan film, Fotografi, Musik, MAPALA dan Theater.

Laporan Kunjungan Industri

Page 8


STMIK AMIKOM SEJARAH BERDIRINYA Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta (selanjutnya disebut STMIK AMIKOM YOGYAKARTA) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang berkedudukan di Provinsi DIY Kabupaten Sleman di bawah naungan Yayasan AMIKOM Yogyakarta. STMIK AMIKOM YOGYAKARTA adalah sebuah perguruan tinggi hasil pengembangan dari Akademi Manajemen Informatika dan Komputer "AMIKOM YOGYAKARTA". AMIKOM Yogyakarta sebagai lembaga pendidikan tinggi yang didirikan berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 084/D/O/1994 tentang Pemberian Status Terdaftar kepada Jurusan / Program Studi untuk Jenjang Program Studi D-III pada AMIKOM Yogyakarta di DIY dan bernaung di bawah Yayasan "AMIKOM YOGYAKARTA�. AMIKOM Yogyakarta memiliki Program Studi Manajemen Informatika dan Teknik Informatika. Program studi ini masing-masing dikelola oleh seorang Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan yang didukung oleh Perangkat Dosen, dan Staff Administrasi. Secara keseluruhan lembaga akademik saat itu dipimpin oleh seorang Direktur dibantu oleh beberapa Pembantu Direktur, Pelaksana Akademik, Unsur Pelaksana Administratatif, Unit Pelaksanaan Teknis, Unsur Penelitian dan Pengembangan dan beberapa unsur pendukung lainnya. Pada tahun 2002, program D-3 Manajemen Informatika telah di Akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dengan SK BAN PT Nomor: 010/BAN-PT/Ak-I/Dpl-III/VIII/2002 dan mendapatkan akreditasi A. Seiring dengan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan sekaligus untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli yang memahami dan terampil di bidang tersebut, maka AMIKOM menambah program S-1, dan berubah menjadi STIMIK AMIKOM YOGYAKARTA. Laporan Kunjungan Industri

Page 9


Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tanggal 24 April 2002, Nomor. 75/D/O/2002 tentang Pemberian Ijin Penyelenggaraan Program-Program Studi dan Pendirian Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AMIKOM Yogyakarta di DIY (Perubahan bentuk dari AMIKOM) yang diselenggarakan oleh Yayasan AMIKOM Yogyakarta di DIY. Berdasarkan Surat Keputusan tersebut, STMIK AMIKOM YOGYAKARTA diberi ijin untuk menyelenggarakan program studi: 1. 2. 3. 4.

Teknik Informatika untuk jenjang Program Sarjana (S1) Sistem Informasi untuk jenjang Program Sarjana (S1) Manajemen Informatika untuk jenjang Program Diploma - III (D-3) Teknik Informatika untuk jenjang Program Diploma-III (D-3)

Penyelenggaraan Program Studi Sistem Informasi untuk jenjang Program Sarjana (S1) secara khusus didukung oleh Departemen Pendidikan Nasional, dengan surat Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor: 2704/D/T/2004 perihal Perpanjangan Ijin Penyelenggaraan Program Studi pada STMIK AMIKOM YOGYAKARTA. Badan Hukum : Yayasan AMIKOM Yogyakarta Berdiri : 11 Oktober 1994 Akte Pendirian : 17 April 2008 Alamat : Jalan Ring Road Utara Condong Catur Depok-Sleman Telpon : 0274 - 884201 - 204 Faksimili : 0274 - 884208 Website : http://www.amikom.ac.id Email : amikom@amikom.ac.id Pengurus : Ketua : DRS. KALIS PURWANTO, M.M. Sekretaris : SIWININGTYAS AGUSTIN Bendahara : DRS. AUDITH M.TURMUDHI, M.M. Rektor/Ketua/Direktur : PROF. Dr. MOHAMMAD SUYANTO, MM. IR. RUM MUHAMAD ANDRI K RASYID, Pembantu/Wakil I : M.KOM. Pembantu/Wakil II : RAHMA WIDYAWATI, SE., M.M. Laporan Kunjungan Industri

Page 10


Pembantu/Wakil III

: DRS. MUHAMMAD IDRIS P, M.M

VISI, MISI DAN TUJUAN PERGURUAN TINGGI Visi STMIK AMIKOM Yogyakartaadalah menjadi sekolah tinggi kelas dunia yang unggul dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi yang berbasis entrepreneurship (private entrepreneur university). STMIK AMIKOM Yogyakarta akan menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia dibidang teknologi informasi dan komunikasi berbasis entrepreneurship pada 2013 dan menjadi perguruan tinggi terbaik di Asia Tenggara dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi yang berbasis entrepreneurship pada 2020. Menjadi yang terbaik di Asia 2025 dan menjadi unggulan dunia pada tahun 2030 Private entrepreneur university adalah perguruan tinggi yang diukur berdasarkan standar UNESCO menggunakan profit generating income dari bidang riset dan services. Saat ini STMIK AMIKOM Yogyakarta telah menjadi Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Model Private Entrepreneur menurut UNESCO.

STMIK AMIKOM Yogyakarta memiliki misi: 1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi kelas dunia di bidang teknologi informasi dan komunikasi berbasis entrepreneurship. 2. Melaksanakan penelitian penelitian dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi berkualitas dunia yang dapat berperan meningkatkan daya saing nasional. 3. Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat secara profesional dalam rangka ikut memecahkan persoalan dunia maupun nasional, terutama dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. 4. Menyelenggarakan pendidikan berstandar global melalui kemitraan dan jejaring nasional, regional maupun global.

STMIK AMIKOM Yogyakarta memiliki tujuan: 1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas global, berjiwa entrepreneur dan profesional dalam disiplin ilmu teknologi informasi dan komunikasi. 2. Menghasilkan penelitian dan produk teknologi informasi dan komunikasi berkualitas global yang dapat berperan meningkatkan daya saing nasional. Laporan Kunjungan Industri

Page 11


3. Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat secara profesional dalam rangka ikut memecahkan persoalan global maupun nasional, terutama dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. 4. Menyelenggarakan pendidikan berstandar global melalui kemitraan dan jejaring nasional, regional maupun global.

VISI, MISI DAN TUJUAN PROGRAM STUDI

A. Program Studi D3-TI Visi Program Studi D3-TI adalah:

Tahun 2021 menjadi Program Studi Teknik Informatika unggulan Dunia dalam Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang berbasis enterpreneurship. Berdasarkan peringkat Webometrics Juli 2011, STMIK AMIKOM Yogyakarta berada pada peringkat 2168 dunia, di Asia Tenggara berada pada peringkat 79 dari seluruh Perguruan Tinggi di Asia Tenggara. Untuk College (Sekolah Tinggi, Politeknik, Akademi), STMIK AMIKOM Yogyakarta berada pada peringkat 2 dari seluruh College di Asia Tenggara. Misi Program Studi D3-TI adalah: 1. Unggul dalam bidang pendidikan, yaitu: 1. Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan tinggi yang berkualitas, produktif dan profesional. 2. Membangun suasana akademik yang kondusif untuk mendukung proses belajar mengajar, pembinaan individu, dan pengembangan karakter. 3. Mendorong upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (mahasiswa, dosen dan karyawan) melalui pendidikan berkelanjutan, agar berwawasan luas, memiliki perspektif global, dan pemahaman kondisi lingkungan yang benar. 4. Meningkatkan pemahaman dalam pemanfaatan teknologi informasi dan penguasaan dibidang teknik informatika, khususnya konsentrasi Pemrograman Web - Database, Multimedia - Film Kartun dan Jaringan Komputer. 2. Unggul dalam bidang penelitian, yaitu: 1. Melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan secara berkelanjutan

Laporan Kunjungan Industri

Page 12


2. Mendorong tumbuhnya kreatifitas untuk menghasilkan karyakarya dibidang teknologi informasi yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat 3. Mendapatkan pengakuan nasional dan internasional dalam bidang penelitian dengan menghasilkan karya baru dibidang teknologi informasi atau interdisiplin ilmu. 3. Unggul dalam bidang pengabdian masyarakat, yaitu: 1. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara profesional 2. Melaksanakan pembinaan sivitas akademika dan mendorong terciptanya hubungan yang erat dan baik dengan lingkungan. 3. Menerapkan keahlian dibidang sistem informasi untuk menghasilkan aplikasi yang bermanfaat dan mudah digunakan oleh masyarakat IT dan masyarakat umum. 4. Menyediakan SDM berkualitas tinggi yang mampu bekerja diberbagai bidang, mampu mempromosikan terobosan-terobosan baru dibidang teknologi informasi, dan tetap konsisten mengupayakan peningkatan kesejahteraan masyarakat. 4. Unggul dalam manajemen dan pelayanan, yaitu: 1. Melaksanakan kegiatan layanan administrasi yang profesional 2. Menggunakan kontrol kualitas jaminan mutu untuk memastikan bahwa pelaksanaan Tri Darma perguruan tinggi sudah berjalan secara benar dan professional Indikator alumni D3-TI adalah: 1. 2. 3. 4. 5.

Memiliki kompetensi yang mampu bersaing secara global. Memiliki kemampuan memimpin. Memiliki jiwa entrepreneur. Profesional dalam disiplin ilmu teknologi informasi dan komunikasi. Memiliki kemampuan kerjasama secara profesional dalam team.

B. Program Studi D3-MI Visi Program Studi D3-MI adalah :

Pada tahun 2021 menjadi program studi manajemen informatika kelas dunia yang unggul dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi yang berbasis enterpreneurship. Misi Program Studi D3-MI adalah: 1. Unggul dalam manajemen dan pelayanan, yaitu: Laporan Kunjungan Industri

Page 13


1. Melaksanakan kegiatan layanan administrasi yang professional 2. Menggunakan kontrol kualitas jaminan mutu untuk memastikan bahwa pelaksanaan Tri Darma perguruan tinggi sudah berjalan secara benar dan profesional 2. Unggul dalam bidang pendidikan, yaitu: 1. Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan tinggi yang berkualitas, produktif dan profesional. 2. Membangun suasana akademik yang kondusif untuk mendukung proses belajar mengajar, pembinaan individu, dan pengembangan karakter. 3. Mendorong upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (mahasiswa, dosen dan karyawan) melalui pendidikan berkelanjutan, agar berwawasan luas, memiliki perspektif global, dan pemahaman kondisi lingkungan yang benar. 4. Meningkatkan pemahaman dalam pemanfaatan teknologi informasi dan penguasaan dibidang system informasi, khususnya konsentrasi E-commerce, Sistem Informasi berbasis Multimedia dan Komputerisasi Akuntansi. 3. Unggul dalam penelitian, yaitu: 1. Melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan 2. Mendorong tumbuhnya kreatifitas untuk menghasilkan karyakarya dibidang teknologi informasi, khususnya sistem informasi, yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat 3. Mendapatkan pengakuan nasional dan internasional dalam bidang penelitian dengan menghasilkan karya baru yang sesuai konsentrasi bidang ilmu E-commerce, Sistem Informasi berbasis Multimedia dan Komputerisasi Akuntansi atau interdisiplin ilmu. 4. Unggul dalam pengabdian masyarakat, yaitu: 1. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. 2. Melaksanakan pembinaan sivitas akademika dan mendorong terciptanya hubungan yang erat dan baik dengan lingkungan. 3. Menerapkan keahlian dibidang manajemen informatika untuk menghasilkan aplikasi yang bermanfaat dan mudah digunakan oleh masyarakat IT dan masyarakat umum. 4. Menyediakan SDM berkualitas tinggi yang mampu bekerja diberbagai bidang, mampu mempromosikan terobosan-terobosan baru dibidang sistem informasi, dan tetap konsisten mengupayakan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Indikator alumni Program Studi D3-MI adalah: 1. Memiliki kompetensi yang mampu bersaing secara global. Laporan Kunjungan Industri

Page 14


2. Memiliki kemampuan memimpin. 3. Memiliki jiwa entrepreneur. 4. Profesional dalam disiplin ilmu teknologi informasi dan komunikasi terutama bidang ilmu Manajemen 5. Informatika dengan konsentrasi E-commerce, Sistem Informasi berbasis Multimedia dan Komputerisasi 6. Akuntansi. 7. Memiliki kemampuan kerjasama secara profesional dalam team.

C. Program Studi S1-TI Visi Program Studi S1-TI adalah:

Tahun 2021 menjadi Program Studi Teknik Informatika unggulan Dunia dalam Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang berbasis enterpreneurship. Misi Program Studi S1-TI adalah: 1. Unggul dalam bidang pendidikan, yaitu: 1. Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan tinggi yang berkualitas, produktif dan profesional. 2. Membangun suasana akademik yang kondusif untuk mendukung proses belajar mengajar, pembinaan individu, dan pengembangan karakter. 3. Mendorong upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (mahasiswa, dosen dan karyawan) melalui pendidikan berkelanjutan, agar berwawasan luas, memiliki perspektif global, dan pemahaman kondisi lingkungan yang benar. 4. Meningkatkan pemahaman dalam pemanfaatan teknologi informasi dan penguasaan dibidang teknik informatika, khususnya konsentrasi Pemrograman Web - Database, Multimedia - Film Kartun dan Jaringan Komputer. 2. Unggul dalam bidang penelitian, yaitu: 1. Melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan secara berkelanjutan 2. Mendorong tumbuhnya kreatifitas untuk menghasilkan karyakarya dibidang teknologi informasi yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat 3. Mendapatkan pengakuan nasional dan internasional dalam bidang penelitian dengan menghasilkan karya baru dibidang teknologi informasi atau interdisiplin ilmu. Laporan Kunjungan Industri

Page 15


3. Unggul dalam bidang pengabdian masyarakat, yaitu: 1. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara profesional 2. Melaksanakan pembinaan sivitas akademika dan mendorong terciptanya hubungan yang erat dan baik dengan lingkungan. 3. Menerapkan keahlian dibidang sistem informasi untuk menghasilkan aplikasi yang bermanfaat dan mudah digunakan oleh masyarakat IT dan masyarakat umum. 4. Menyediakan SDM berkualitas tinggi yang mampu bekerja diberbagai bidang, mampu mempromosikan terobosan-terobosan baru dibidang teknologi informasi, dan tetap konsisten mengupayakan peningkatan kesejahteraan masyarakat. 4. Unggul dalam manajemen dan pelayanan, yaitu: 1. Melaksanakan kegiatan layanan administrasi yang profesional 2. Menggunakan kontrol kualitas jaminan mutu untuk memastikan bahwa pelaksanaan Tri Darma perguruan tinggi sudah berjalan secara benar dan profesional Indikator alumni Program Studi S1-TI adalah: 1. 2. 3. 4. 5.

Memiliki kompetensi yang mampu bersaing secara global. Memiliki kemampuan memimpin. Memiliki jiwa entrepreneur. Profesional dalam disiplin ilmu teknologi informasi dan komunikasi. Memiliki kemampuan kerjasama secara profesional dalam team.

D. Program Studi S1-SI Visi Program Studi S1-SI adalah:

Tahun 2021 menjadi Program Studi Sistem Informasi Kelas Dunia yang Unggul dalam Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang berbasis enterpreneurship. Berdasarkan peringkat Webometrics Juli 2011, STMIK AMIKOM Yogyakarta berada pada peringkat 2168 dunia, di Asia Tenggara berada pada peringkat 79 dari seluruh Perguruan Tinggi di Asia Tenggara. Untuk College (Sekolah Tinggi, Politeknik, Akademi), STMIK AMIKOM Yogyakarta berada pada peringkat 2 dari seluruh College di Asia Tenggara. Saat ini STMIK AMIKOM Yogyakarta sebagai Perguruan Tinggi Percontohan Dunia Model Private Entrepreneur oleh UNESCO sejak 2009. Misi Program Studi S1-SI adalah: 1. Unggul dalam manajemen dan pelayanan, yaitu: Laporan Kunjungan Industri

Page 16


1. Melaksanakan kegiatan layanan administrasi yang profesional 2. Menggunakan kontrol kualitas jaminan mutu untuk memastikan bahwa pelaksanaan Tri Darma perguruan tinggi sudah berjalan secara benar dan profesional 2. Unggul dalam bidang pendidikan, yaitu: 1. Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan tinggi yang berkualitas, produktif dan profesional. 2. Membangun suasana akademik yang kondusif untuk mendukung proses belajar mengajar, pembinaan individu, dan pengembangan karakter. 3. Mendorong upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (mahasiswa, dosen dan karyawan) melalui pendidikan berkelanjutan, agar berwawasan luas, memiliki perspektif global, dan pemahaman kondisi lingkungan yang benar. 4. Meningkatkan pemahaman dalam pemanfaatan teknologi informasi dan penguasaan dibidang sistem informasi, khususnya konsentrasi E-commerce, Perancangan Multimedia dan Sistem Informasi Akuntansi. 3. Unggul dalam penelitian, yaitu: 1. Melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan 2. Mendorong tumbuhnya kreatifitas untuk menghasilkan karyakarya dibidang teknologi informasi, khususnya system informasi, yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat 3. Mendapatkan pengakuan nasional dan internasional dalam bidang penelitian dengan menghasilkan karya baru yang sesuai konsentrasi bidang ilmu E-commerce, Perancangan Multimedia dan Sistem Informasi Akuntansi atau interdisiplin ilmu. 4. Unggul dalam pengabdian masyarakat, yaitu: 1. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. 2. Melaksanakan pembinaan sivitas akademika dan mendorong terciptanya hubungan yang erat dan baik dengan lingkungan. 3. Menerapkan keahlian dibidang sistem informasi untuk menghasilkan aplikasi yang bermanfaat dan mudah digunakan oleh masyarakat IT dan masyarakat umum. 4. Menyediakan SDM berkualitas tinggi yang mampu bekerja diberbagai bidang, mampu mempromosikan terobosanterobosan baru dibidang sistem informasi, dan tetap konsisten mengupayakan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Laporan Kunjungan Industri

Page 17


Indikator alumni Program Studi S1-SI

Indikator alumni Program Studi S1-SI dilihat dari kompetensi utama dan kompetensi keahlian. Kompetensi utama alumni S1-SI adalah: 1. Mampu melakukan rancang bangun sistem informasi berbasis komputer berikut perangkat lunak aplikasi sesuai disiplin ilmu secara bertanggung jawab. Kemampuan pengembangan aplikasi sistem informasi meliputi: 1. Menganalisis dan merancang aplikasi sistem informasi 2. Pemanfaatan model base berbasis pengetahuan 3. Implementasi rancangan sistem informasi dengan bahasa pemrograman yang sesuai, dengan cara: 1. Menyusun program sendiri 2. Menggunakan tools yang ada 3. Mengintegrasikan sistem yang sudah ada 2. Mempunyai wawasan dan menguasai pengetahuan komputer serta pemanfaatannya untuk membantu pelaksanaan proses bisnis dan manajemen. 3. Memiliki kompetensi yang mampu bersaing secara global. 4. Memiliki kemampuan memimpin (Leadership). 5. Memiliki jiwa entrepreneur. 6. Profesional dalam disiplin ilmu teknologi informasi dan komunikasi. 7. Memiliki kemampuan kerjasama secara profesional dalam team.

E. Program Studi S2-MTI Visi Program Studi S2-MTI adalah:

Menjadi program studi magister teknik informatika yang terbaik di Asia Tenggara. Misi Program Studi S2 MTI adalah: 1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas global dan berjiwa entreprenuer. 2. Menghasilkan riset berkualitas global dan pengabdian masyarakat global. 3. Dipercaya masyarakat global.

Untuk mewujudkan visi dan misi, Program Magister Teknik Informatika mengembangkan pendekatan multidisipliner, menggunakan metode pengajaran berbasis penelitian dan pemecahan masalah serta mahasiswa dididik dan dilatih untuk mendapatkan keahlian khusus dalam bidang teknologi informasi. Selain itu, adanya kompleksitas dan tantangan yang Laporan Kunjungan Industri

Page 18


terus berkembang di sektor teknologi informasi, maka Program Magister Teknik Informatika mempunyai tiga konsentrasi, yaitu: 

CIO Management

Menitikberatkan pada penguasaan: 1. Perkembangan TIK, potensi teknologi dan bisnis TIK dalam konteks pemanfaatan peluang bagi organisasi dan transformasi organisasi 2. Perumusan ketersediaan dan tata kelola TIK dalam visi, misi dan tujuan organisasi yang menjamin adanya kesesuaian antara strategi bisnis dan strategi TIK sehingga dinamika organisasi selalu menuju pada tujuannya. 

Sistem Informasi

Menitikberatkan pada penguasaan: 1. Ilmu pengetahuan dalam pengelolaan informasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan keunggulan kompetitif suatu enterprise 2. Analisis, perancangan, dan evaluasi suatu sistem informasi dan teknologi informasi yang aman termasuk penerapan teknologi terbaru dalam membangun sistem informasi 3. Pembangunan, pengembangan dan pengelolaan sistem informasi dalam berbagai bidang enterprise dengan teknik-teknik pengambilan keputusan berbasis informasi untuk mendukung efektifitas keputusan dalam rangka pencapaian tujuan organisasi termasuk pemilihan platform teknologi informasi sesuai dengan kebutuhan enterprise 

Teknologi Media Digital

Menitikberatkan pada penguasaan: 1. Teknik pemodelan dan rekonstruksi tiga dimensi serta mampu mengimplementasikannya dalam pengembangan lingkungan tiga dimensi interaktif 2. Prinsip film animasi, meliputi aspek teknis, artistik, komersial dan mampu mengimplementasikan dalam produksi film animasi termasuk pengembangan teknik-teknik dalam sistem animasi 3. Pembuatan desain game secara keseluruhan mulai dari ide, playtesting sampai prototype, dilengkapi dengan design document yang lengkap 4. Pemahaman dan penguasaan skill seorang produser game secara menyeluruh dari persiapan, tim kerja, sampai manajemen dan skedul kerja Laporan Kunjungan Industri

Page 19


5. Pembuatan karya kreatif digital baik secara mandiri maupun tim dilengkapi pengembangan usaha dalam bidang industri kreatif digital.

2.2 Pemkab. Jembrana

ďƒ˜ Berdasarkan bukti-bukti arkeologis dapat di interprestasikan bahwa munculnya komunitas di Jembrana sejak 6000 tahun yang lalu. Dari perspektif semiotik, asal-usul nama tempat atau kawasan mengacu nama-nama fauna dan flora. Munculnya nama Jembrana berasal dari kawasan hutan belantara (Jimbar-Wana) yang dihuni raja ular (Naga-Raja). Sifat-sifat mitologis dari penyebutan nama-nama tempat telah mentradisi melalui cerita turun-temurun di kalangan penduduk. Berdasarkan cerita rakyat dan tradisi lisan (folklore) yang muncul telah memberi inspirasi di kalangan pembangun lembaga kekuasaan tradisional (raja dan kerajaan) ďƒ˜ Raja dan pengikutnya yaitu rakyat yang berasal dari etnik Bali Hindu maupun dari etnik non Bali yang beragama Islam telah Laporan Kunjungan Industri

Page 20


membangun kraton sebagai pusat pemerintahan yang diberi nama Puri Gede Jembrana pada awal abad XVII oleh I Gusti Made Yasa (penguasa Brangbang). Raja I yang memerintah di kraton (Puri) Gede Agung Jembrana adalah I Gusti Ngurah Jembrana. Selain kraton, diberikan pula rakyat pengikut (wadwa),busana kerajaan yang dilengkapi barang-barang pusaka berupa tombak dan tulup. Demikian pula keris pusaka yang diberi nama "Ki Tatas" untuk memperbesar kewibawaan kerajaan. Tercatat bahwa ada tiga orang raja yang berkuasa di pusat pemerintahan yaitu di Kraton (Puri) Agung Jembrana. Sejak kekuasaan kerajaan dipegang oleh Raja Jembrana I Gusti Gede Seloka, Kraton (Puri) baru sebagai pusat pemerintahan dibangun. Kraton (Puri) yang dibangun itu diberi nama Puri Agung Negeri pada awal abad XIX. Kemudian lebih dikenal dengan nama Puri Agung Negara. Patut diketahui bahwa raja-raja yang memerintah di Kerajaan Jembrana berikutnya pun memusatkan birokrasi pemerintahannya di Kraton (Puri) Agung Negara. Patut dicatat pula bahwa ada dua periode birokrasi pemerintahan yang berpusat di Kraton (Puri) Agung Negara. Periode pertama ditandai oleh birokrasi pemerintahan kerajaan tradisional yang berlangsung sampai tahun 1855. Telah tercatat pada lembaran dokumen arsip pemerintahan Gubernemen bahwa kerajaan Jembrana yang otonom diduduki oleh Raja Jembrana V (Sri Padoeka Ratoe) I Goesti Poetoe Ngoerah Djembrana (1839 - 1855). Ketika berlangsung pemerintahannya lah telah ditanda tangani piagam perjanjian persahabatan bilateral anatara pihak pemerintah kerajaan dengan pihak pemerintah Kolonial Hindia Belanda (Gubernemen) pada tanggal 30 Juni 1849. Periode kedua selanjutnya digantikan oleh birokrasi modern, melalui tata pemerintahan daerah (Regentschap) yang merupakan bagian dari wilayah administratif Keresidenan Banyuwangi. Pemerintahan daerah Regentschap yang dikepalai oleh seorang kepala pribumi (Regent) sebagai pejabat yang dimasukkan dalam struktur birokrasi Kolonial Modern Gubernemen yang berpusat di Batavia. Status pemerintahan daerah (Regentschap) berlangsung selama 26 tahun (1856 - 1882). Pada masa Kerajaan Jembrana VI I Gusti Ngurah Made Pasekan (1855 - 1866) mengalami dua peralihan status yaitu 1855 - 1862 sebagai Raja Jembrana dan 1862 - 1866 sebagai status Regent (Bupati) kedudukan kerajaan berada di Puri Pacekan Jembrana. Ketika reorganisasi pemerintahan di daerah diberlakukan berdasarkan Staatblad Nomor 123 tahun 1882, maka untuk wilayah

Laporan Kunjungan Industri

Page 21


administratif Bali dan Lombok diberi status wilayah administratif Keresidenan tersendiri. Wilayah Keresidenan Bali dan Lombok dibagi lagi menjadi dua daerah (Afdelingen) yaitu Afdeling Buleleng dan Afdeling Jembrana berdasarkan Staatblad Nomor 124 tahun 1882 dengan satu ibukota yaitu Singaraja. Selanjutnya daerah Afdeling Jembrana terbagi atas distrik-distrik yang pada waktu itu terdiri dari tiga distrik yaitu Distrik Negara, Distrik Jembrana, dan Distrik Mendoyo. Masing-masing distrik dikepalai oleh seorang Punggawa. Selain distrik juga diberlakukan jabatan Perbekel, khusus yang mengepalai komunitas Islam dan komunitas Timur Asing sebagai kondisi daerah yang unik dari sudut interaksi dan integrasi antar etnik dan antar umat beragama. ďƒ˜ Sejak reorganisasi tahun 1882 telah ditetapkan dan disyahkan nama satu ibukota untuk Keresidenan Bali dan Lombok yaitu Singaraja, yang akan membawahi daerah-daerah (Afdeling) Buleleng dan Jembrana. Akan tetapi, pada proses waktu selanjutnya memperhatikan munculnya aspirasi masyarakat di dua daerah afdeling (Buleleng dan Jembrana), maka pihak Gubernemen menanggapi positif. ďƒ˜ Respon positif pihak Gubernemen di Batavia dapat dibuktikan dengan diterbitkannya sebuah Lembaran Negara (Staatsblad) tersendiri untuk melakukan pembenahan (Reorganisasi) tata pemerintahan daerah di daerah-daerah (Afdeling) Buleleng dan Jembrana. Pihak Gubernemen dan segenap jajaran bawahan di Departemen Dalam Negeri (Binnenlandsch Bestuur) sangat memperhatikan dan mendukung sepenuhnya aspirasi masyarakat untuk menetapkan nama-nama ibukota Daerah-daerah Afdeling Buleleng dan Afdeling Jembrana. Pihak Gubernemen dalam pertimbangannya ingin mengakhiri kebiasaan yang menyebut nama Ibukota Afdeling Buleleng dan Jembrana di Keresidenan Bali dan Lombok dengan nama lebih dari satu. Semula (Tahun 1882-1895) hanya diberlakukan satu nama Ibukota yaitu Singaraja untuk wilayah Keresidenan Bali dan Lombok yang membawahi Daerahdaerah Afdeling Buleleng dan Afdeling Jembrana. Sejak disetujui dan untuk kemudian, ditetapkanlah nama-nama Ibukota daerah tersendiri terhadap Afdeling Buleleng dan Afdeling Jembrana di Keresidenan Bali dan Lombok. Berdasarkan Staatsblad Van Nederlandsch - Indie Nomor 175 Tahun 1895, sampai seterusnya ditetapkanlah Singaraja dan Negara sebagai ibukota dari masingmasing Afdeling. Dengan demikian, sejak 15 Agustus 1895 berakhirlah nama satu ibu kota: Singaraja sebagai ibukota Keresidenan Bali dan Lombok yang membawahi Daerah-daerah Laporan Kunjungan Industri

Page 22


Afdeling Buleleng dan Afdeling Jembrana. Sejak itu pula dimulailah nama-nama Ibukota: Singaraja untuk Keresidenan Bali dan Lombok dan Daerah bagiannya di Afdeling Buleleng, serta Negara untuk Daerah Bagian Afdeling Jembrana. Munculnya nama-nama Jembrana dan Negara hingga sekarang, memiliki arti tersendiri dari perspektif historis. Rupanya nama-nama yang diwarisi itu telah dipahatkan pada lembaran sejarah di Daerah Jembrana sejak digunakan sebagai nama Kraton (Puri) yaitu Puri Gede / Agung Jembrana dan Puri Agung Negeri Negara. Oleh Karena Kraton atau Puri adalah pusat birokrasi pemerintahan kerajaan tradisional, maka dapat dikatakan bahwa Jembrana dan Negara merupakan Kraton-kraton (Puri) yang dibangun pada permulaan abad XVIII dan permulaan abad XIX adalah tipe kotakota kerajaan yang bercorak Hinduistik. Jembrana sebagai sebuah kerajaan yang ikut mengisi lembaran sejarah delapan kerajaan (asta negara) di Bali. Sejak 1 Juli 1938, Daerah (Afdeling, regentschap) Jembrana dan juga daerah-daerah afdeling (Onder-afdeling, regentschap) lainnya di Bali ditetapkan sebagai daerah-daerah swapraja (Zelfbestuurlandschapen) yang masing-masing dikepalai oleh Zelfbestuurder (Raja). Raja di Swapraja Jembrana (Anak Agoeng Bagoes Negara) dan Raja-raja di swapraja lainnya di seluruh Bali terlebih dahulu telah menyatakan kesetiaannya terhadap pemerintah Gubernemen. Anak Agung Bagoes Negara memegang tampuk pemerintahan di swapraja Jembrana secara terus-menerus selama 29 tahun meskipun terjadi perubahan tatanegara dalam sistem pemerintahan. Kepemimpinannya di Jembrana berlangasung paling lama dibandingkan dengan kepemimpinan yang dipegang oleh pejabatpejabat pelanjutnya.Selama kepemimpinannya pula, dua nama yaitu Jembrana dengan ibukotanya Negara senantiasa terpateri dalam lembaran sejarah pemerintah di Jembrana, baik dalan periode Pendudukan Jepang (Tahun 1943-1945), peiode Republik Indonesia yang hanya beberapa bulan (Tahun 1946-1950) maupun pada waktu kembali ke periode bentuk Negara Indonesia Timur (Tahun 19461950) maupun pada waktu kembali ke periode bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (Tahun 1950-1958). Jabatan Bupati Kepala Daerah Swatantra Tingkat II Jembrana untuk pertama kalinya dijabat oleh Ida Bagus Gede Dosther dari tahun 1959 sampai tahun 1967. Pada periode selanjutnya jabatan Bupati Kepala Daerah Tingkat II Jembrana dijabat oleh Bupati Kapten R. Syafroni (Tahun 1967-1969); Pjs Bupati Drs. Putu Suasnawa (11

Laporan Kunjungan Industri

Page 23


Maret - 30 Juni 1969); Bupati I Ketut Sirya (30 Juli 1969-31 Juli 1974); Pjs Bupati Drs. I Nyoman Tastra (31 Juli 1974 - 28 Juli 1975); Bupati Letkol. Liek Rochadi (28 Juli 1975 - 26 Agustus 1980); Bupati Drs. Ida Bagus Ardana (26 Agustus 1980 - 27 Agustus 1990); Bupati Ida Bagus Indugosa,S.H Selama dua kali masa jabatan (27 Agustus 1990 - 27 Agustus 1995 dan dari 27 Agustus 1995 - 27 Agustus 2000); Plt Bupati I Ketut Widjana, S.H (28 Agustus 2000 - 15 Nopember 2000), Prof.Dr.drg. I Gede Winasa menjabat sebagai Bupati Jembrana selama dua periode (15 Nopember 2000 - 10 Oktober 2010) dan I Putu Artha SE, MM. sejak 16 Februari 2011 sampai saat ini. ďƒ˜ Dapat dikatakan bahwa, sejak gelar "Bupati" yang mengepalai pemerintahan di Daerah Tingkat II Jembrana untuk pertama kali diberlakukan pada tahun 1959 sampai saat ini, nama "Negara" sebagai ibukota Daerah Kabupaten Jembrana tetap dilestarikan.

SMK N 3 Negara

SMK Negeri 3 Negara merupakan sekolah menengah kejuruan yang berbasis teknologi . SMK Negeri 3 Negara membuka satu jurusan yaitu Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan dua program keahlian yaitu TMM (Teknik Multi Media) dan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) SMK Negeri 3 Negara Beralamat di Desa Tegalcangkring, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana – Bali. SMK Negeri 3 Negara Berada satu komplek dengan SMP N 4 Mendoyo dan SD Negeri 5 Tegalcangkring. Semenjak dibangun pada tahun 2007, Sekolah ini telah mengalami banyak kemajuan, hal ini dikarenakan keseriusan dan kesungguhan pemerintah dalam membangun dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia khususnya di kabupaten Jembrana. Laporan Kunjungan Industri

Page 24


VISI DAN MISI VISI : Terwujudnya sekolah unggul dalam prestasi, yang dinamis terhadap perkembangan IPTEK, berlandaskan IMTAQ menuju kemandirian. MISI : 1. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif 2. Menumbuhkan sifat mandiri berlandaskan jiwa kewirausahaan 3. Meningkatkan kemampuan dan etos kerja siswa sesuai dengan tuntunan lapangan kerja 4. Mengembangkan bakat dan minat siswa di bidang non-akademis 5. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa

Fasilitas FASILITAS SEKOLAH 1. Ruang Kelas Ruang ini dilengkapi dengan sound system, LCD Proyektor, papan tulis. 2. Ruang Laboratorium Komputer Ruangan ini dilengkapi dengan peralatan komputer beserta peralatan multimedia seperti speaker, headset, LCD Projektor, dan lain-lain 3. Ruang Perpustakaan Ruang ini berisi rak buku yang berguna untuk membantu siswa untuk belajar 4. Ruang Tata Usaha Ruang ini digunakan untuk melayani proses akademik siswa 5. Ruang Guru Tempat guru untuk mengatur kegiatan para guru dan sebagai tempat beristirahat 6. Tempat Parkir Tempat ini bisa menampung kendaraan roda empat maupun roda dua 7. Ruang Kantin Kantin ini melayani berbagai kebutuhan siswa baik itu dari segi makanan, alat tulis, dan fotocopy 8. Tempat Ibadah Tempat Ibadah Pura diperuntukan bagi pemeluk agama Hindu, sedangkan Laporan Kunjungan Industri

Page 25


pemeluk agama lain ada dibangunan lainnya 9. Lapangan Olah Raga Tersediannya lapangan olah raga basket, volly, sepak bola, kolam renang dan lain-lain 10. Solar Cell Tersediannya alat solar cell (tenaga matahari) yang berguna untuk menunjang kebutuhan tenaga listrik disekolah.

Laporan Kunjungan Industri

Page 26


Bab 3 Penutup 3.1 Kesimpulan Kesimpulan saya untuk kunjungan industry ini bisa mengetahui, melihat langsung sesuatu hal yang padaIT dan membuat saya menambah ilmu. Dan kata-kata yang saya tidak lupa adalah “Jika kita ingin membuat sesuatu hal yang baru, yang kita harus lakukan adalah dibuat.� Dan saya juga dapat menambah wawasan tentang adat istiadat Yogyakarta dan Bali.

3.2 Saran AKRB&AMIKOM Yogyakarta: semoga lebih sukses lagi dan lebih meningkatkan kualitas yang terbaik untuk seterusnya. Pemkab. Jembrana: Selalu terus mempertahankan apa yang telah dicapai dan terus berkembang lebih baik. SMKN 3 Negara: Jadikan murid-murid anda menjadi anak-anak yang berprestasi, dan berguna dimasa depan.

Laporan Kunjungan Industri

Page 27


3.3 Lampiran AKRB

Amikom

Pemkab. Jembrana Laporan Kunjungan Industri

Page 28


Smkn 3 Negara

Laporan Kunjungan Industri

Page 29


04 anggi juhniawan x rpl 2