Page 1

IKAN MAS & KODOK

Majalah Anakku Maret 2012

8

LGrafis&Ilustrasi: kokoandiko

Dhanin, Puti & Rafi

TUTUP MULUTMU, YA... Sisipan Maret 2012 www.anakku.net,

k

1


Dhanin, Puti & Rafi

Tutup mulutmu, ya!

1

“Eh, kemarin Rangga teman sekelasku, sakit dan nggak masuk sekolah lagi, Kak, “ cerita Puti pada kakaknya. “Iya, di kelasku kemarin juga ada tiga orang yang sakit. Memang sedang musimnya,” ujar Dhanin. “Musim flu maksudnya, Kak? Aku sih haaa haaaaatchi…!”

3

“Ini Kak Puti, usap dulu hidungnya pakai tisu,” ujar Rafi. “Terima kasih ya, Rafi,” Puti pun mengambil beberapa lembar tisu. “Aku kemarin juga habis diomelin Ibu gara-gara bersin di meja makan. Makanan di mulutku jadi berhamburan deh, hehehe…,” ungkapnya dengan wajah jail. “Iiih....Rafi jorok, ah!” tukas Dhanin.

2

k Sisipan Maret 2012 www.anakku.net,

2

4

“Aduuuuh, Puti! Kalau bersin mulutnya harus ditutup, dong. Kumannya jadi terbang-terbang, tuh,” kata Dhanin sambil menutup mulut dan hidungnya. “Aduh Kak, maaf ya… Benar-benar ­nggak bisa aku tahan!” seru Puti sambil mengusap-ngusap hidungnya.

“Mulai sekarang, aku akan selalu membawa tisu di sakuku,” ujar Puti. “Iya, bahkan kalau kita sedang terkena flu, sebaiknya memakai penutup mulut dan hidung,” cetus Dhanin “Biar tidak menulari orang lain kan, kak?” ujar Rafi dengan tampang sok tahu. Dhanin dan Puti pun tertawa.


Siapa Pemenangnya? Hohohohoooo, rupanya sedang ada perlombaan mendapatkan tulang. Priiittttt peluit wasit sudah berbunyi. Nah, apakah adik-adik tahu anjing mana yang akan mendapatkan tulang itu?

Sisipan Maret 2012 www.anakku.net,

k

3


Dongeng anakku oleh Kak Hendra

IKAN MAS & KODOK

A

l lkisah, ada seekor kodok yang

baru saja kembali dari berjalan- jalan di daratan. Ketika berenang di kolam, dia bertemu de­ngan seekor ikan mas yang telah mengenalnya. “Halo Tuan Kodok, kamu dari mana saja?” “Oh, saya baru saja datang dari berjalanjalan di daratan,” jawab Sang Kodok. “Daratan? Apa itu daratan? Saya belum pernah mendengar ada tempat yang bernama daratan.” “Daratan adalah tempat di mana kamu dapat berjalan-jalan di atasnya,” Sang Kodok mencoba menerangkan tentang daratan pada Si Ikan Mas. “Oh ya, dapat berjalan-jalan di atasnya? Saya tidak percaya bahwa kamu baru saja

4

k Sisipan Maret 2012 www.anakku.net,

dari daratan. Menurut saya, tidak ada tempat yang disebut daratan,” Si Ikan Mas membantah dengan sengit. “Baiklah jika kamu tidak percaya, yang pasti saya tadi memang datang dari daratan,” balas Sang Kodok dengan sabar. “Tetapi, Tuan Kodok, coba katakan pada saya, apakah daratan itu dapat dibuat gelembung, jika saya bernafas di dalamnya?” “Tidak.” “Apakah saya dapat menggerakkan sirip-sirip saya di dalamnya?” “Tidak.” “Apakah tembus cahaya?” “Tidak.”


“Apakah saya dapat bergerak mengikuti ge­lombang?” “Tentu saja tidak,” jawab Sang Kodok de­ngan sabar. “Nah, Tuan Kodok, saya sudah menanyakan kamu tentang daratan, dan semua jawaban kamu adalah “Tidak”, dan itu berarti darat­ an itu tidak ada.” Si Ikan Mas menjawab dengan perasaan puas.

Karenanya, Sang Kodok mengerti bahwa ada dunia lain selain dunia air tempat para ikan hidup. Dia mengerti sepenuhnya dunia air, dia juga mengerti sepenuhnya daratan, karena dia sudah mengalami keduanya lewat metamorfosis dari berudu/kecebong hingga jadi kodok.

pesan:

“Baiklah, jika Anda berkesimpulan seper­ti itu. Yang jelas, saya tadi memang datang dari daratan dan daratan itu nyata ada­nya,” Sang Kodok menjawab sambil berlalu.

Kebenaran tidak hadir untuk mendukung zona nyaman kita. Kebenaran hadir untuk menghancurkan zona nyaman kita.

Si Ikan Mas, karena dia adalah seekor ikan yang hidupnya di air, maka dia tidak pernah mengetahui bahwa ada dunia lain selain dunia airnya. Karena dia hanya mengenal dunia air, maka semua pertanyaan yang diajukan tentang daratan, tetap berkaitan dengan dunia air.

Kadang kita harus menghormati pendapat orang lain, karena mereka tidak pernah berpikir jauh ke depan.

Sebaliknya Sang Kodok, dia dapat hidup di dua dunia, dunia air dan daratan.

Kadang malah sebagian orang terlalu jauh berpikir ke depan, tidak meng­ hiraukan zona dimana ia berada. Dekati dan pahami dengan kacamata orang lain. (dongengjakarta.blogspot.com)

Sisipan Maret 2012 www.anakku.net,

k

5


Ayo mewarnai gambarnya

Rafi sedang berimajinasi seolah dia sudah masuk SD. Lihat gaya dan ekspresinya, seperti sungguhan saja. Nah, apakah kamu bisa memberikan warna supaya si Rafi nampak lebih keren?

6

k Sisipan Maret 2012 www.anakku.net,


Mana Bayangannya, ya?

Coba kamu perhatikan dengan teliti gambar di sebelah di kiri dan sebelah kanan. Dapatkah kamu mencocokkan gambarnya sesuai dengan bayangannya?

Sisipan Maret 2012 www.anakku.net,

k

7


Yuk menggambar 1

2

3

4

A

dik-adik yang kreatif, yuk belajar menggambar kartun. Kali ini yang akan kita gambar adalah kura-kura. Nah coba kamu ambil kertas gambarmu dan ikuti langkah-langkah足nya. Jika sudah selesai, tunjukkan kepada ibumu. Menggambar kartun itu mudah, kan?

5 Karyamu...

Atar Sedqi Annadhif Arafah. (5.7 th) TK. Arafah. jl. wibawa mukti lV

8

k Sisipan Maret 2012 www.anakku.net,

"Kapal di lautan"

Komik Anakku Maret 2012  

Komik Anakku Maret 2012