Page 1

Rio Febrian Kursus Merawat Bayi

Ibu Stress,

ASI Terhenti

Mengasaahn Kecerdas Sosial

Kenali Gejala

Kanker Usus

Apa beda

dan

Autis

Meninigitis Penyebab Kerusakan Otak

Asperger?

edisi 04/VII/2011 rp 22.000


bebelac spread adv

www.anakku.net April 2011,

1


Beranda Beranda Anak-anak adalah pribadi yang unik dan spesial. Tidak ada anak yang sama antara satu dan lainnya—sekalipun lahir dari rahim yang sama. Ini semakin menunjukkan bahwa setiap anak adalah pribadi yang unik. Demikian pula anak-anak autis, mereka adalah anak-anak yang istimewa. Itu sebabnya, WHO mencanangkan tanggal 2 April sebagai Hari Peduli Autis Sedunia sejak tahun 2008. Sayangnya, autisme seringkali terlambat diketahui, padahal deteksi dini memegang peran dalam penatalaksanaan autis. Semakin dini diketahui, maka semakin dini pula dilakukan terapi. Dengan penanganan yang tepat, anak autis bahkan sangat mungkin dapat menunjukkan bakatnya. Misalnya saja bakat melukis. Bahkan ada anak yang sampai pameran lukisan tunggal, dan berhasil menjual lukisannya seharga puluhan juta Rupiah. Artinya, bila tertangani dengan baik, autisme bukan akhir segalanya. Stigma adalah musuh utama autis, belum lagi mitos-mitos yang keliru soal autis. Inilah yang membuat anak autis menjadi semakin terkucilkan dari pergaulan. Saatnya melabrak mitos-mitos dan stigma yang beredar di masyarakat. Tulisan di Anakku edisi ini mungkin bisa menjawab banyak pertanyaan soal autis, seperti apa bedanya autis dan asperger? Bagaimana mengenalinya secara dini, dan bagaimana pula terapi yang disarankan. Bijak lah menghadapi segala permasalahan yang menyangkut kesehatan anggota keluarga. Cari informasi yang bisa dipercaya, dan konfirmasikan dengan dokter, agar dapat dicari penanganan yang tepat. Demikian pula bila suatu hari kita mendapati si kecil yang kurang empati dengan sekelilingnya. Ada tips bagaimana mengajak anak agar lebih bisa bersosialisasi dengan teman dan orang sekitarnya. Simak pula di edisi ini tentang gejala dan penanganan kanker usus, TORCH, meningitis, dan sebagainya. Pembaca budiman, Sebagai orang tua, sebaiknya bekali diri dengan pengetahuan yang cukup tentang informasi kesehatan. Namun tingkatkan kehati-hatian, karena kemudahan akses ke internet membuat begitu banyak informasi yang bisa kita peroleh. Alangkah lebih baiknya, jika kita melakukan cross-check dengan ahlinya. Tak ada gading yang tak retak, semoga yang kami suguhkan bermanfaat bagi Anda.

PIMPINAN REDAKSI & USAHA Dr. Hardiono D. Pusponegoro, SpA(K) MANAGER BISNIS Rizal Alatas SEKRETARIS Afdilla Tri Yana REDAKTUR PELAKSANA Dyah Soekasto REDAKSI Dr. Ika Fitriana Andesi KONTRIBUTOR Dr. Frida Susanti, SpA. Dr. Ivan Riyanto Widjaja ARTISTIK Evi Dwi Rahmawati RM. Andiko Pranoto EVENT KOORDINATOR Kak Hendra Andesi PRA PRODUKSI Wahyudin KEUANGAN Ni Nyoman A. Puniati Edy Susanto KONTRIBUTOR FOTO Budhy Ashary Popy Agency Fahrizal REDAKSI Jl. Kayu Putih Selatan No. 74 Jakarta Timur Tel. (021) 4786 3434 (hunting) Fax. (021) 4786 4954 E-mail: redaksi@anakku.net MARKETING DAN IKLAN Rizal : (021) 680 000 70 Nanda : (021) 6881 5515 Tel. (021) 4786 3434 (hunting) DISTRIBUSI Mardani Tel. (021) 4786 3434 PELANGGAN Wahyu & Dila E-mail: redaksi@anakku.net

Dr. Hardiono D. Pusponegoro, SpA(K)

2

April 2011 www.anakku.net,

DILARANG MENGUTIP ISI MAJALAH ANAKKU DALAM SEGALA BENTUK TANPA IZIN


www.anakku.net April 2011,

3


ruang utama

20 Lebih dekat mengenal Autisme 25 Penanganan & pengobatan Autis 28 Prediksi jangka panjang penderita

20

autis

Kunjungi Website kami untuk mendapatkan berbagai artikel yang menarik di www.足anakku.net

daftar isi

April 2011 COVER : Model : Nasywa Amira, Orang Tua: Fiona & Ramzy Fotografer : Budhy Ashary, Pengarah Gaya : Andesi Busana : Gingersnaps (Plaza Indonesia)

ruang Kehamilan & Menyusui

38

30 Cekal TORCH demi ibu dan bayi 32 Masalah kulit pada kehamilan 35 Ibu stress, ASI terhenti 38 Artis : Rio Febrian-Sabria Kono

Lebih fokus

30

Rio Febrian - Sabria Kono Lebih Fokus 4

April 2011 www.anakku.net,


ruang anak

42 Kok, masih bayi ‘berjerawat’ 44 Lebih jauh mengenal Asperger

Syndrome

42

50 Awas... Meningitis mengancam buah

hati anda

70

ruang keluarga

54 Konsultasi 58 Bijak memilih obat batuk untuk anak 60 Fakta tentang kanker kolorektal 64 Bagaimana menyimpan telur? 66 Menu: segarnya strawberry 70 Cara bijak menuju ramping 72 Vaksin bukan hanya monopoli bayi

dan anak

76

ruang sekolah

76 Gangguan suara bagaimana

mengatasinya

78 Sekolah anakku ke panti asuhan

balita cipayung

78 Mengasah kecerdasan sosial 84 Science&play: akuarium sederhana ruang pajang

86 Fashion 90 Belanja Yuk! 92 Ekspresi: selalu ceria dan gembira 95 Perforasi: aduuh, telinga ku sakit

92 86

www.anakku.net April 2011,

5


info

produk Kamus Visual Anak THOMAS Penerbit: Erlangga for Kids

Anak-anak selalu tertarik dengan gambar-gambat berwarna. Lewat buku ini, si kecil bisa belajar berbahasa Inggris dengan mudah karena disertai dengan gambar yang menarik sekaligus menggambarkan suatu kondisi, misalnya suasana di sekolah, pertanian, stasiun kereta, kebun binatang, dan sebagainya. Buku ini baik untuk menambah kecerdasan bahasa dan visual si kecil.

Yuk, belajar dari Pak JK! Penerbit: Esensi (Erlangga Group)

Siapa tak kenal Bapak H.M. Jusuf Kalla? Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia yang kini aktif sebagai Ketua Umum Palang Merah Indonesia ini memang penuh inspiratif. Sejak muda, Pak JK sudah gigih berwirausaha. ¨Jiwa wirausaha seseorang akan terlihat dari cara berpikirnya yang cerdas dan kreatif,¨ kata beliau. Bagaimana perasaan Haris yang oleh sang Ayah diajak berlibur ke Bandung bertemu dengan Pak JK? Bukan main senangnya Haris saat diajak berkeliling pabrik sepatu. ¨Kenapa Pak JK memilih menjadi pengusaha?¨ tanya Haris. Menurut Pak JK, dengan menjadi pengusaha, beliau dapat terus belajar sambil mengembangkan kreativitas, serta membantu banyak orang dengan memberdaya kan tenaga masyarakat. Hayo adik-adik, sudah sepantasnya kita belajar dari kegigihan Pak JK.

Miauw...Miauw... Penerbit: Erlangga for Kids

Kisah Ciku, kucing kecil lucu peliharaan Aro. Buku ini mengajarkan kepada adik-adik, bagaimana seharusnya memelihara hewan yang benar. Memberinya makanan yang sehat, membawanya ke dokter hewan secara berkala untuk vaksinasi, serta menjaga kebersihannya. Bila dipelihara dan dijaga dengan baik, hewan kesayanganmu pun akan tumbuh sehat dan tentu saja tambah menggemaskan.

POCOYO

Not in My Backyard Genre : Children Harga : VCD Rp. 29.000 Di Belakang Rumahku Pocoyo menemukan beberapa sampah di belakang rumahnya dan memutuskan untuk membuangnya. Ternyata Pato seekor anak burung dan Elly sahabat Pocoyo juga menemukan sampah bertaburan di belakang rumah mereka. Pocoyo dan sahabatnay berusaha mencari siapakah yang membuang sampah sembarangan... Dapatkah Pocoyo menemukan pembuang sampah misterius tersebut? Detektif Pocoyo Elly terkejut menyadari saat boneka kesayangannya hilang. Detektif Pocoyo memutuskan untuk membantu Elly, ia mencari petunjuk ke mana boneka tersebut hilang. Pocoyo kembali ke TKP, akhirnya berkat detektif pocoyo yang menyingkap kebenaran dan misteri Elly menemukan boneka yang hilang, Beruntung isinya tidak hilang sama sekali, Elly sangat senang ia kembali menemukan boneka kesayangannya. Scooter Madness Pocoyo dan Pato menemukan skuter milik Elly di tengah jalan, mereka memutuskan untuk mengambil dan mengembalikannya. Selama perjalanan menuju rumah Elly Pato memamerkan keterampilan bermain skuter. Pato menjalani skuter semakin cepat dan semakin cepat, akhirnya karena terlalu ngebut skuter milik Elly rusak belah menjadi beberapa bagian. Pocoyo dan Pato berusaha memperbaikinya, sayangnya tidak berhasil, bagaimaan mereka berdua mengatakan hal ini pada Elly?

6

April 2011 www.anakku.net,


info

produk

apps Footwear bukan sekadar nyaman

apps adalah sebuah konsep baru yang menarik dalam dunia alas kaki yang lebih dari sekedar sepatu yang nyaman, ringan dan modern. apps yang berasal dari kata applications, merupakan sepatu dengan teknologi dan kreativitas yang mengakomodasi kebutuhan akan personalisasi dan ekspresi individual. Sepatu apps terdiri dari sepatu basic yang polos, yang dapat dipakai langsung. Namun bila anak Anda menghendaki sesuatu yang unik dan ‘fun’, dapat mengkreasikannya. Ekstra lubang pada sisi sepatu dapat disematkan beragam pin, yang merupakan aksesoris pelengkap. Juga tersedia berbagai corak dan warna closure (pengikat), misalnya tali sepatu (lace) basic, elastic string dan velcro strap. Dengan berbagai pilihan yang dapat di ‘mix n-match’, apps menghasilkan kreasi sepatu tak terbatas. Sangat unik, dan one of a kind.

The Backyardigans Best Clowns in Town Genre : Animasi Harga : DVD Rp. 29.000

Pablo, Uniq, dan Austin adalah badut yang sangat ingin tampil di acara sirkus, suatu hari pemimpin sirkus yang terkenal di kota sedang melakukan audisi mencari pemain sirkus yang hebat. Sayangnya Pablo, Uniq dan Austin tidak sempat mengikuti audisi tersebut, mereka berusaha mengejar rombongan sirkus, sayangnya ketiga sahabat tersebut ketinggalan kereta. Sehingga rombongan sirkus telah bergerak sirkus ke kota berikutnya. Apakah badut berhasil mengejar pemimpin sirkus dan menjadi bagian dari pertunjukan? Saksikan ceritanya.

Sleek

Baby Hygiene Solution Kebutuhan untuk selalu tetap bersih dan higienis menjadi pokok bagi setiap ibu yang memiliki bayi. Hal ini diperhatikan terutama dari makanan/ minuman, bahkan peralatannya pun harus sterill. Biasanya setelah dicuci, para ibu merebus piranti makan/minum si Kecil, tapi tahukah Anda bahayanya? Merebus atau memanaskan bahan plastik dapat membebaskan senyawa BpA yang kemudian dapat tertelan oleh si Kecil. Sleek Baby Hygiene Solution, peralatan yang sudah dicuci bersih, tidak perlu direbus, cukup rendam dalam 24 ml Sleek Baby Hygiene Solution ditambah 500ml air matang selama 30 menit, angkat dan bilas sekali lagi dengan air matang dan tiriskan. Tanpa proses perebusan, botol akan awet dan dapat digunakan lebih lama. Bisa juga digunakan sebagai campuran air mandi untuk membunuh kuman dan bakteri

www.anakku.net April 2011,

7


info

agenda Pentingnya Penapisan TORCH Selama Kehamilan

Pakar imunologi terkemuka Dr. Liliane Grangeot-Keros melakukan tur keliling negara-negara Asia untuk mempromosikan pentingnya penapisan TORCH pada wanita hamil. ¨Penapisan TORCH pra-natal merupakan cara sederhana dengan efektivitas tinggi untuk menurunkan risiko terjadinya dampak yang parah akibat infeksi TORCH pada bayi. Patut diwaspadai bahwa infeksi ini tidak bergejala, akibatnya wanita hamil bisa tidak mengetahui jika bayinya berisiko terkena. Penapisan penting dilakukan pada trimester pertama kehamilan agar jika diketahui sejak dini maka dapat mengurangi kemungkinan terjadinya cacat atau kematian bayi,¨ papar Liliane di hadapan puluhan wartawan saat Media Workshop ¨Pregnancy Risk Assessment¨ di Jakarta, 24 Februari 2011. Sementara menurut catatan Dr. Yuditia Purwosunu, SpOG(K) dari Divisi Fetomaternal Departemen Obstetri dan Ginekologi FKUI, di Indonesia sekitar 60% wanita terinfeksi TORCH, yang menyebabkan cacat bawaan atau kematian 7-10 bayi per 1000 kelahiran setiap tahun. ¨Roche berkomitmen terhadap kesehatan wanita dan penanganan penyakit infeksi. Salah satu bentuk komitmen tersebut adalah dengan mengembangkan pengujian TORCH yang memungkinkan dilakukannya diagnosis infeksi TORCH pada kehamilan secara lebih awal dengan hasil terpercaya,¨ kata Royke J. Pangkey, Country Manager Roche Diagnostics Indonesia.

Telah Dibuka Brawijaya Women & Children Clinic di Sahid Sahirman

Mulai Hidup Sehat

Setelah sukses dengan Brawijaya Women & Children Hospital (BWCH) yang telah berdiri selama 5 tahun, kini PT Brawijaya Medikatama melebarkan sayapnya dengan membuka cabang di Sahid Sahirman Memorial Hospital (SSMH), pada Minggu 6 Februari 2011. Seremoni pembukaan dilakukan dengan pemukulan gong oleh DR. Sukamdani Sahid Gitosar-djono pendiri Sahid Group, diikuti pengguntingan pita melati oleh jajaran Komisaris dan Direksi Brawijaya Group dan Sahid Group, Ir. Ahmad Ganis dan Prof Dr. Nugroho Kampono, SpOG(K).

DANONE AQUA, penyedia air minum dalam kemasan terkemuka di Indonesia, 16 maret 2011 bekerja sama dengan beberapa selebritis ternama dan tokoh bisnis terkemuka mengajak seluruh lapisan masyarakat di Indonesia menunjukkan komitmen mereka untuk mewujudkan Indonesia yang lebih sehat dengan berpartisipasi dalam kampanye “Mulai Hidup Sehat Dari Sekarang.”

Memorial Hospital

Klinik ibu dan anak terpadu ini dilengkapi dengan peralatan medis modern dan konsep pelayanan customer oriented base & patient satisfication serta tim medis yang super spesialis, siap membantu Anda. Fasilitas klinik berarsitekstur modern dengan suasana yang honey dilengkapi dengan klinik obgin yang dihiasi wallpaper feminim nan mewah dengan klinik kesehatan yang child friendly. Dilengkapi pula dengan restaurant arcade, mini market, bakery dan gerai ATM.

8

April 2011 www.anakku.net,

dari Sekarang

Pada kesempatan yang sama juga diselenggarakan talkshow kesehatan bersama pakar gizi Dr. Samuel Oetoro.


info

agenda Penanganan Modern Penyakit Amandel di RS Puri Indah Rumah Sakit Puri Indah, rumah sakit di bawah naungan RS Pondok Indah Group, kembali menyelenggarakan acara dalam upaya untuk mengedukasi masyarakat dengan meng-usung tema: “Radiofrekuensi Untuk Tonsilektomi, Penanganan Modern Penyakit Amandel,” 17 Maret 2011. Acara bertujuan meluruskan berabagai pendapat yang keliru di masyarakat. “Pemahaman yang benar akan permasalahan seputar tonsil sangat diperlukan bagi masyarakat, agar tidak ada keraguan dalam upaya menanggulangi penyakit amandel yang diderita, sehingga gangguan tonsil dapat diatasi secara dini dan tuntas,” jelas Dr. Agus Subagio, Sp. THT saat jumpa pers. Menurut Agus, penderita amandel kategori kronis dapat menjalani prosedur tonsilektomi yaitu pengangkatan amandel menggunakan radiofrekuensi yang memberikan tingkat kenyamanan yang jauh di atas prosedur bedah konvensional, bahkan dengan proses pemulihan yang lebih cepat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di beberapa negara, disimpulkan bahwa penggunaan radiofrekuensi dalam tonsilektomi (pengangkatan tonsil) memiliki beberapa keuntungan, diantaranya: durasi operasi lebih singkat, pendarahan lebih sedikit, dan nyeri pasca operasi yang lebih ringan karena tidak terdapat luka operasi yang terbuka. Teknologi radiofrekuensi tidak semata dipergunakan untuk tonsilektomi, namun dapat juga digunakan untuk mengatasi permasalahan lain seputar THT, seperti mendengkur dan konka hidung yang membesar (hipertrofi) yang berakibat tersumbatnya hidung.

Autism in Movement Memperingati Hari Autisme Sedunia, 2 April 2011, sekelompok anak muda Bandung (sebagian besar mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Maranatha Bandung) yang tergabung dalam organisasi yang dinamakan EPIC (Educate People in Creativity), mengadakan serangkaian acara bertajuk “Autism in Movement.” Acara ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai hal-hal yang berkaitan dengan autisme serta memberikan pelayanan bagi anak autisme yang berasal dari kalangan tidak mampu. Konseling/pemeriksaan gratis oleh dokter spesialis saraf anak dan dokter anak serta psikolog, sekaligus memberikan fasilitas pelayanan terapi perilaku bagi mereka selama setahun. Pelayanan ini dilakukan di beberapa mal di Bandung; BTC Mall Pasteur, Miko Mall Kopo, dan Lucky Square Antapani. Acara berikutnya adalah simposium tentang autisme, terutama yang berkaitan dengan pendidikan dan pubertasnya di Gedung Diknas Provinsi Jawa Barat pada 27 Maret 2011. Acara ditutup dengan Charity Night di kediaman Ibu Gubernur Jawa Barat pada 2 April 2011, yang menampilkan performance dari anak-anak autisme; bermain keyboard, biola dan bernyanyi. Selain itu juga akan dipamerkan dan dilelang lukisan-lukisan hasil karya anak-anak autisme serta kalender tahun 2011 yang berisikan gambar-gambar karya mereka.

Womens Health Expo 2011 Secara umum pria memiliki status kesehatan lebih buruk dibandingkan wanita, hal ini terjadi karena beberapa faktor, antara lain budaya masyarakat yang menekankan pentingnya pencapaian dan kompetensi; kepercayaan akan kejantanan dan keberanian membuat pria lebih banyak melakukan pekerjaan yang potensial berbahaya serta kecenderungan tidak menggunakan alat pencegahan yang cukup. Pria juga cenderung memiliki respon yang bersifat eksternal dalam menghadapi stres, misalnya dengan merokok, alkohol, perilaku antisosial dan penggunaan obat-obatan. Dan yang juga memprihatinkan adalah mereka enggan melakukan kunjungan kesehatan yang bersifat preventif. Inilah yang melatar belakangi diselenggarakannya acara ¨Women care about men´s health¨ pada Women´s Health Expo (WHE) 2011. Rangkaian acara WHE 2011 pada 18-19 Februari 2011 merupakan persembahan FKUI-RSCM dalam Gelar Ilmu Tebar Manfaat untuk Hidup Sehat bagi Masyarakat Indonesia. WHE 2011 merupakan yang ke-empat kalinya diselenggarakan oleh Yapmedi dan didukung oleh RSCM. Menurut Ketua Panitia WHE 2011 Dr.dr. Iris Rengganis, SpPD, KAI, FINASIM acara ini diselenggarakan untuk memberikan edukasi kesehatan secara menyeluruh kepada masyarakat. Semua acara free, mulai dari talkshow, senam jantung, periksa kadar gula darah dan kolesterol, EKG, lemak tubuh, indeks masa tubuh dan deteksi dini kanker leher rahim. Selain itu ada juga acara menarik seperti bazaar, pameran kesehatan, dan lomba celoteh anak tentang ayah. www.anakku.net April 2011,

9


anakku news

Susu Formula Kedelai

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Kepedulian Ibu akan kesehatan buah hatinya tak diragukan lagi, apalagi bila menyangkut tumbuh kembang dan kesehatannya. Majalah Anakku bersama-sama dengan Isomil (PT Abbot Indonesia) menjembatani Ibu dan pakar kesehatan anak dalam talkshow ¨1 dari 13 balita alergi susu sapi. Anak Anda salah satunya?¨ pada Sabtu, 19 Maret 2011 di Brawijaya Women & Children Hospital (BWCH). Hadir sebagai nara sumber: dr. Atilla Dewanti, SpA dan dr. Dina Muktiarti, SpA. Dalam opening speech-nya Bapak Supriya Lelana, Bussiness Unit Manager-Pediatric Nutrition PT Abbot Indonesia menyambut baik acara ini dan berharap para orang tua dapat memetik banyak manfaat dari momen ini. Dokter Atilla menyoroti tentang pentingnya masa tumbuh kembang anak. ¨Perkembangan anak begitu menakjubkan untuk diamati dan berlangsung sangat cepat. Meliputi perkembangan motorik kasar berupa kemampuan tengkurap, duduk, merangkak, berdiri, berjalan, lalu motorik halus kemampuan menggerakkan tangan dan jari. Ada pula perkembangan penglihatan, pendengaran, hubungan sosial dengan lingkungan sekitar, emosi, perilaku, dan sebagainya,” tutur dr. Atilla. Dalam bertumbuh kembang seorang anak membutuhkan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Sayangnya, beberapa kondisi membuat anak terkendala, misalnya saja anak mengalami alergi susu sapi (ASS). ¨Alergi susu sapi dapat merugikan proses tumbuh kembang anak, karenanya penting untuk mengenali gejala dan menangani alergi makanan pada anak secara tepat. ASS terjadi terutama pada anak usia di bawah 1 tahun dan berkurang dengan bertambahnya usia,” papar dr. Dina. Nutrisi terbaik bagi bayi adalah ASI, namun bila karena satu dan lain hal Ibu tak dapat lagi memberikan ASI, maka alternatif lain untuk memenuhi kebutuhan gizi anak dengan ASS adalah susu formula kedelai, yang dianjurkan pada anak ASS (tipe IgE) di atas usia 6 bulan. Formula kedelai untuk anak saat ini sudah dimodifikasi sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Dalam diskusi interaktif, seorang ibu bertanya apakah susu formula kedelai dapat memenuhi kebutuhan nutrisi anak. ¨Penelitian menunjukkan bahwa grafik penambahan berat badan, tinggi badan, kadar protein dan mineralisasi tulang yang normal,” jelas dr. Dina seraya menunjukkan sejumlah grafik. Artinya, anak dengan alergi susu sapi tetap dapat bertumbuh kembang sama dengan anak yang tidak mengalami ASS. Keterbatasan waktu membuat MC perlu membatasi pertanyaan, dan tentu saja para Ibu tak ingin menyia-nyiakan waktu. Usai acara, dr. Atilla dan dr. Dina pun masih disibukkan dengan berbagai pertanyaan seputar alergi susu sapi.

10

April 2011 www.anakku.net,


Peserta

Ibu Dewi (Aluna)

Ibu Elva (Revana)

Ibu Heni (Roberto)

Lomba Foto Ibu Peduli Alergi

2

Ibu Mada (Ahza)

Ibu Iin (Siska)

Ibu Maysarah (Keysha) Ibu Evy (Lingga)

Ibu Rini (Seyfa)

Ibu Made (Arya)

3

Ibu Sarah (Ilyas)

Ibu Imas (Ura)

1

Ibu Lia (Shalisa & Shania)

Ibu Risa (Mercy)

Ibu Amelia (Gifta)

Ibu Arhie (Hanjani)

www.anakku.net April 2011,

11


liputan

event sanofi blok m plaza

12

April 2011 www.anakku.net,


www.anakku.net April 2011,

13

Majalah Anakku April 2011  

Majalah anakku edisi april 2011

Advertisement