Issuu on Google+

Liputan Talkshow Autisme & Hiperaktivitas

Bonus: Lembar Aktivitas Anakku

Kenali Gejala & Pengobatan

Infeksi Saluran Kemih

Penting! Booster Vaksin DPT & Polio Pemantauan

Lingkar Kepala

Diabetes Gestasional Dapat Pengaruhi Janin

Cara Merawat

Bayi Prematur

Edisi 05/VII/2012 Rp. 25.000 (Jawa, Bali, Lampung)

Rp. 27.000

(Luar Jawa, Bali, Lampung)


nutrilon royal spread 1


nutricia

www.anakku.net

Mei 2012

1


beranda S a l a m h a n g at, Senang dapat berbagi kembali dengan Anda di edisi bulan ini. Kami telah meramu berbagai ide menarik untuk Anda, terutama bagi orangtua yang memiliki bayi lahir prematur. Bayi yang lahir prematur (apalagi jika memiliki berat badan lahir kurang dari 2500 gr) butuh perhatian lebih dalam hal perawatan dan tumbuh kembangnya. Ada banyak hal yang perlu diketahui oleh orangtua saat pertamakali membawa bayi prematur pulang ke rumah, termasuk juga cara pemberian nutrisi yang tepat sejak ia lahir. Sebagai pelengkap, kami pun memberikan panduan untuk menstimulasi kemampuan motoriknya dari usia lahir sampai kurang lebih 3 tahun. Dalam cuaca yang tak menentu akhir-akhir ini, alangkah baiknya jika Anda sekeluarga juga meningkatkan kewaspadaan terhadap beberapa penyakit ‘musiman’. Misalnya penyakit-penyakit yang menjadikan nyamuk sebagai vektor pembawa virusnya. Waspadai kemunculannya dan lindungi keluarga dengan obat anti nyamuk, sebisa mungkin gunakan bahan alami. Anakku juga memberikan informasi bagi para orangtua agar tidak melupakan kesehatan diri sendiri. Waspadai munculnya gejala diabetes gestasional pada ibu yang sedang hamil, atau hipertensi dan kerapuhan tulang untuk ayah dan ibu. Keluarga yang sehat, berawal dari kebiasaan yang sehat pula. Semoga Anda sekeluarga sehat selalu! Salam,

Ada banyak hal

yang perlu diketahui oleh orangtua saat

pertamakali membawa bayi prematur pulang ke rumah

Dr. Hardiono D. Pusponegoro, SpA(K)

Pimpinan Usaha: Dr. Hardiono D. Pusponegoro, SpA(K). Manager Bisnis: Rizal Alatas. Pemimpin Redaksi: Desiyanti Hariana. Redaktur Pelaksana: Dyah Soekasto. Redaksi: Andesi. Sekretaris: Indah Sembiring. Kontributor: Dr. Hardiono D. Pusponegoro, SpA(K), Dr. Luh Karunia Wahyuni, SpKFR(K), Sari Nila, Savitri Salmun Amd OT, Dr. Yuditiya Purwosunu, SpOG(K), Dr. Ronny Soewento, SpTHT(K), Dr. Ari Muhandari Ardhie, SpKK(K), Anita Candra M.Psi, Dr. dr. Tjhin Wiguna, SpKJ(K), Arry Sri Dewi Amd OT, Evi Junita M.Psi, Paramita Atmodiwiryo M.Arch PhD, Yenny Ismayani, Lanny Megasari, Whindi Novi Awalia, Witri Rosana Konsultan Desain: Wulan Natasha Pusponegoro. Artistik: Evi D. Rahmawati, Agus Moller. Ilustrator: Andiko. Event Manager: Kak Hendra. Pra Produksi: Wahyudin. Website & Sosial Media: Adi Maryanto. Keuangan: Ni Nyoman A. Puniati, Edy Susanto. Fotografer: Ramos Pane. Koordinator Foto: Nathal Adjie. Marketing & Iklan: Rizal Alatas, Devina Lynir, Afdilla Triana. Distribusi: Mardani. Pelanggan: Wahyudin & Indah Sembiring.

Redaksi : Majalah Anakku - Jl. Kayu Putih Selatan No. 74, Jakarta Timur Telp. : (021) 4786 3434 (Hunting), Fax. : (021) 4786 4954, E-Mail: redaksi@anakku.net, anakku.info, DILARANG MENGUTIP ISI MAJALAH ANAKKU DALAM SEGALA BENTUK TANPA IZIN

2

Mei 2012 www.anakku.net

@anakku


nutricia

www.anakku.net

Mei 2012

3


daftar isi

Mei 2012 Rubrik

Utama!

Bayi yang lahir prematur butuh penanganan khusus. -p.21

Anakku News 21

40 Lindungi si kecil

dengan vaksin booster

Merawat bayi prematur

Saat anak siap bersekolah, jangan lupakan persiapan kekebalan tubuhnya.

Memahami apa yang dihadapi saat bayi lahir prematur.

44 Cara efektif usir nyamuk Kenali jenis

24 Pemberian ASI pada

nyamuknya, dan bagaimana mencegahnya secara alami.

bayi prematur Nutrisi bagi bayi baru lahir berbeda dengan bayi lahir normal.

26 Pengasuhan di rumah

Anakku Cerdas 50 Bagaimana meng-

hadapi anak tantrum?

Anakku Sehat 30 Pemantauan lingkar

kepala Indikator pertumbuhan

Si kecil ‘ngamuk’ di tempat umum. Jangan panik, ketahui tip-nya.

52

otak, waspadai mikrosefali.

32 Berat ringan keringet buntet Kenali tipenya dan kemungkinan infeksi lanjutan.

ON OUR COVER

Model: Athar Anindyo Wicaksono (7 hari) Photo & Digital Imaging: Nathal Adjie Photographer Asisstant: Alus B

35 38

Mengatasi gigitan kucing pada anak Kenali infeksi saluran kemih sedini mungkin

Tumbuh kembang bayi prematur Ada usia koreksi, dimana Anda perlu mulai waspada.

56

Aksi anakku Belajar dan

58

Anak suka menyontek, bagaimana menghentikannya? Coba lihat diri Anda,

bersosialisasi di Kinderfield.

jangan-jangan Anda punya kontribusi.

60 Psikologi anak:­­si kecil berlaku agresif

Majalah Anakku Edisi 05/VII/2012 diterbitkan oleh Anakku Media Jl. Kayu Putih Selatan No. 74, Jakarta Timur, Telp. : 6221-4786 3434 (Hunting), Fax. : 6221-4786 4954, E-mail : redaksi@anakku.net

4

Mei 2012 www.anakku.net


Artis :

Deasy Noviyanti Tetap langsing berkat ASI

76

7

Anakku Galeri

78

62 Fashion: Mix & Match

Melatih motorik halus usia 0-9 bulan di rumah Stimulasi tidak perlu alat

Warna cerah dan bahan ringan untuk

bermain yang mahal, lakukan sambil

si kecil.

bermain.

66 Pernak pernik: Tas

81

68 Tip memilih tas Pilihan

84 Saat hipertensi

etnik nan cantik

Menu : Santapan sehat untuk keluarga

Menjaga kepadatan tulang ­­ menyerang di usia muda Apa sebabnya? Benarkah

sesuai bentuk tubuh.

stres sebagai pemicu utamanya?

Anakku Famili

86 Siapkah Anda

mengadopsi anak? Hindari

70 Ibu hamil rentan terkena diabetes Cermati

kesalahpahaman di masa depan

asupan nutrisi selama kehamilan.

72 75 76

Mengapa ‘harus’ ASI?

Aktivitas Anakku

Ibu hamil terancam anemia

89 Lembar bonus untuk

66

anak Yuk, mewarnai, tebak

gambar, dan belajar menggambar.

Santapan sehat u ­ ntuk keluarga Bagaimana menghadapi anak tantrum?

50

Cara efektif

35

usir nyamuk

www.anakku.net

Mei 2012

5


cover story Usia 7 Hari Sudah Jadi Model Cover Pengalaman perdana yang mungkin sekali bahkan tidak disadari oleh si model, Athar Anindyo Wicaksono. Di usianya yang tepat satu minggu ia sudah didaulat untuk menjadi model cover Majalah Anakku edisi Mei 2012. Suatu kebanggaan pula bagi majalah Anakku bisa mendokumentasikan wajah mungil bayi yang masih begitu muda ini. Tidak hanya ayah dan ibunya saja yang mendampingi Athar ketika pemotretan ini, namun juga ada babysitter, beberapa kakak sepupu dan pamannya pun turut serta. Keadaan studio Amadeus Portaiture pun jadi ramai. Tidak lupa ibu Athar pun membawakan banyak mainan dan perlengkapan agar Athar merasa nyaman. Dalam menjalani beberapa adegan pemotretan, Athar sesekali tertidur ataupun menyusu pada mamanya. Seakan ia tahu sedang menjadi objek kamera, ia pun tersenyum

saat tertidur. “Syukurlah Athar tidak rewel, walaupun ia digerakkan ke sana ke mari, Malah saya yang khawatir takut kalau pas bangun dia ngambek. Jangan-jangan, anak saya memang sudah berbakat nih jadi model, hehehe…, “ ungkap Poppy Maryatty, Sang Ibu. Ada kejadian yang cukup heboh saat pemotretan berlangsung. Athar sempat buang air besar sehingga semua orang dibuat sibuk olehnya. Untunglah keadaan bisa diatasi dengan cepat tanpa membuat si model cilik menangis, “Pemotretan kali ini sangat mengesankan. Sejak Athar masih dalam kandungan, saya sudah meminta pada orangtuanya untuk diizinkan memotret ia ketika baru lahir. Ternyata, Athar memiliki wajah yang ganteng dan ia tidak sulit diarahkan,” ujar Nathal Adjie, fotografer yang saat pemotretan dibantu oleh tim yang khusus menangani anak usia di bawah 2 minggu.

Nama Anak

Athar Anindyo Wicaksono Nama Ayah

Oksendhy Wicaksono Nama Ibu

Poppy Maryatty Tempat/ Tanggal Lahir

Jakarta, 13 April 2012 Tempat tinggal

Pejaten Barat, Jakarta Selatan

6

Mei 2012 www.anakku.net


Deasy

Noviyanti

Tetap Langsing Berkat ASI Presenter cantik yang satu ini baru saja dikaruniai anak kedua. Bagaimana cara Deasy Noviyanti mengembalikan bobot tubuhnya agar tetap terlihat langsing? Foto: Ramos Pane

Deasy (33) tengah bergembira. Pasalnya, perempuan manis berambut pendek yang selalu berpenampilan segar ini akhirnya bisa memberikan adik bagi anak pertamanya, Jazmeen Indira Arkani (5), buah perkawinannya dengan Saladdin Yudono. Kelahiran Galadriel Kenez Syahin di bulan Februari lalu menambah semaraknya rumah mereka. Gatal-gatal sampai jadi ‘zombie’ Mojang Priangan yang pernah menjadi presenter Insert Investigasi ini punya cerita unik seputar kehamilan dan k­ elahiran putri keduanya itu. “Mendekati masa kelahiran Kenez, badan aku gatal-gatal semua. Aku nggak tahu apakah itu karena stres atau memang ‘bawaan’ si jabang bayi saja. Aku sampai tes darah dan urin, walaupun hasilnya tidak ada yang mencurigakan. Kata dokterku, b ­ eberapa ibu hamil memang mengalaminya. Daripada stres, aku nikmati saja lah, hahaha…,” ujar PR Officer untuk Yayasan Sosial Syair untuk Sahabat ini mengingat saat-saat itu. Ada perbedaan saat Deasy melahirkan anak pertama dan kedua. “Saat Jia (panggilan sayang si Sulung) lahir, aku harus melahirkan secara Caesar karena posisinya sungsang. >>

www.anakku.net

Mei 2012

7


Foto: Ramos Pane

artis anakku Sejak melahirkan anak pertama dan kedua aku selalu bertekad memberi ASI ekslusif. Supaya berhasil menyusui hingga 2 tahun, aku harus berpikiran positif, dengan begitu produksi ASI pun lancar sesuai yang dibutuhkan.

>> Sedangkan saat Kenez lahir, alhamdulillah aku bisa melahirkan secara normal,” ungkap Ibu yang melahirkan si kecil pada 19 Februari 2012, pukul 09.37 WIB di Kemang Medical Center, Jakarta Selatan ini. Karakter kedua anaknya pun berbeda, Deasy mengakui bahwa saat Jia bayi, ia termasuk anak yang tidak cepat terbangun meskipun ada suara berisik, dan lebih anteng kalau dimandikan. Sedangkan Kenez takut mandi. Karena itu Deasy sampai sekarang baru mengajarkan Kenez mandi dengan cara melap tubuhnya. Selain itu, Kenez pun cepat terbangun saat mendengar suara, dan menyusunya sedikit demi sedikit, sehingga ibunya pun sering jadi ‘zombie’ (bergadang). “Ah, aku sih nggak mau stres untuk hal-hal kecil. Menurutku semua itu harus dinikmati apa adanya, itulah indahnya menjadi seorang ibu,” kata ibu penggemar olahraga sepak bola ini sambil mencium kening putri kecilnya. Turunkan bobot tubuh b ­ erkat ASI eksklusif Deasy mengakui bahwa saat hamil anak pertama, ia mengalami kenaikan berat badan yang luar biasa besar, 16 kg!

8

Mei 2012 www.anakku.net

Saat itu, ia merasa tidak menahan rasa ingin makan ini dan itu, pokoknya makanan apapun ia santap. Keinginan ngemil pun dengan senang hati ia turuti. “Setelah melahirkan, awalnya sih nggak kepikiran untuk menurunkan berat badan secara khusus, karena aku lebih fokus untuk memberi ASI. Tapi Jia ternyata alergi susu dan kacang ­sehingga berpantangan makan makanan yang mengandung susu atau kacang. Akhirnya, walaupun hanya menyusui tapi berat badan aku bisa susut sampai 20 kg, lho!” ungkap ­perempuan yang gemar membaca ini. Berbeda dengan kehamilan pertama, Deasy merasa lebih mudah m ­ enurunkan berat badan pada kehamilan kedua. “Nah, di kehamilan kedua kemarin beratku hanya naik 8 kg karena aku lebih menjaga makan. Makan hanya 3 kali sehari, dan ngemil makanan kaya serat dan non MSG. Sekarang, usai melahirkan beratku s­ udah turun 5 kg, jadi 50 kg, tinggal sisa nurunin 3 kg lagi, deh,” ujar Brand Ambassador Mom n Jo ini senang. Untuk membantu penurunan berat badannya, Deasy juga melakukan olahraga ringan diselingi aktivitas sebagai ibu rumah tangga.


Sejak hamil, Deasy memang berniat memberikan ASI eksklusif kepada si kecil. Apalagi setelah banyak membaca buku dan mengikuti berbagai seminar, ia jadi tahu ternyata ASI tetap nutrisi yang terbaik untuk bayi. “Sejak melahirkan anak pertama dan kedua aku selalu bertekad memberi ASI ekslusif. Supaya berhasil menyusui hingga 2 tahun, aku harus berpikiran positif, dengan begitu produksi ASI pun lancar sesuai yang dibutuhkan.”

Setelah Kenez lahir, Jia senang sekali dan sangat sayang dengan adiknya. Menurut Deasy, setiap mereka meng­inap di Bintaro, saat bangun tidur yang ditanya oleh Jia pasti adiknya duluan. Ketika bekerja sekalipun, Deasy maupun suaminya tak pernah lupa mencari tahu kabar Jia melalui telepon atau sms, sekadar menanyakan k­ egiatannya atau mengirim foto terbaru adiknya. Salah satu trik mencegah rasa c­ emburu berlebihan pada Kenez, Deasy dan suami selalu berbagi tugas memperhatikan si kakak agar tidak merasa tersisih. “Aku dan suami bergantian mengajak Jia bermain, malahan aku sering meminta Jia untuk mengambilkan celana atau pun popok buat adiknya. Dengan begitu Jia m ­ erasa tetap dibutuhkan dan disayangi,” tutur Deasy di akhir obrolan.

Foto: Ramos Pane

Berpikir positif perbanyak stok ASI Mungkin tak seperti kebanyakan ibu muda yang bekerja, yang harus m ­ enitipkan anak pada nenek atau pengasuhnya, Deasy lebih memilih mengajak si kecil ke tempat kerjanya. “Inilah untungnya bukan jadi karyawan tetap, bisa membawa anak ke tempat kerja namun di saat yang dibutuhkan saja. Aku kan kalau siaran atau ngemsi paling lama hanya 2 jam, jadi Kenez bisa ikut. Agar tak rewel, sebelum bekerja aku susuin Kenez dulu biar dia kenyang. Tapi kalaupun Kenez harus di tinggal di rumah, aku sudah punya cukup stok ASI di kulkas, kok,” cerita mantan presenter One Stop Football ini seraya tertawa.

Wanita pengemar cokelat ini mengaku sangat beruntung dikeliling orang-orang yang sangat concern dengan usahanya memberikan ASI. “Selain suami, keluarga besar juga sangat mendukung aku untuk memberi ASI eksklusif. Apalagi saat melahirkan anak pertama aku banyak mendapat pelajaran berharga dari tenaga medis. Walaupun melahirkan secara Caesar, supaya ASI-ku lancar, setiap hari aku diajarkan menstimulasi keluarnya ASI dengan pijat payudara. Terus terang hal ini sangat efektif, sampai sekarang aku terapkan untuk anak kedua, dan hasilnya, ASI keluar lebih lancar dan stoknya pun cukup banyak,” ungkap Deasy panjang lebar. Menghindari kecemburuan Punya dua anak tidak membuat Deasy kewalahan. Dalam hal ­mengurus anak, ia tak mau membedakan perhatian pada anak pertama dan kedua. Walaupun anak pertamanya sekarang tinggal di rumah Nenanya (ibu mertua Deasy) di Bintaro karena permintaan ibu mertua agar Jia tinggal dengannya sampai TK, namun diakui Deasy bahwa bonding antar ia dan Jia tidak pernah putus. “Aku dan suami bisa seminggu tiga kali menginap di rumah Nena untuk mengontrol sekolah Jia. Alhamdulillah meskipun tinggalnya tidak serumah, hubungan kita tetap akrab,” kata Deasy tentang anak sulungnya.

www.anakku.net

Mei 2012

9


event anakku Bagaimana Deteksi Dini Autisme? Bersama Majalah Anakku, RS Permata Cibubur dan Sanofi Pasteur

1

2

3

4

Autisme bisa dideteksi sejak usia satu tahun? Bagaimana cara mendeteksinya? Benarkah vaksin tertentu bisa memicu terjadinya autisme?

5

Semua pertanyaan ini terjawab dalam Talkshow Autisme dan Hiperaktif, Sabtu 31 Maret 2012, yang ter- selenggara atas kerjasama Majalah Anakku, Sanofi Pasteur, dan RS Permata Cibubur. Tak kurang dari 160 peserta yang kebanyakan adalah pasangan muda memenuhi auditorium Woman’s Wing Lt. 4, RS Permata Cibubur. Sementara ayah dan ibu mengikuti talkshow, anak-anak dapat bermain di playground. Acara dibuka dengan Autis Game bersama Kak Hendra dan Kak Sidik. Selain mengajak anak-anak bermain, Kak Hendra juga memberikan hadiah kepada anak-anak dan hadirin dengan aneka games seru. Sebagai pembicara pertama Dr. Lies Dewi Nurmalia, SpA mengetengahkan tumbuh kembang anak dan kapan orangtua harus waspada adanya kemungkinan adanya autisme pada anak. “Autisme terdiri dari tiga gejala yaitu gangguan interaksi sosial, gangguan komunikasi, dan cara bermain yang stereotipik (minatnya terbatas) dan dilakukan berulang kali,” tutur Dr. Lies. Selain itu, sering ditemukan gejala gangguan sensoris dan perilaku lain yang tidak sesuai dengan umurnya atau perilaku yang sangat menganggu.

10

Mei 2012 www.anakku.net

Sementara Dr. Hardiono D. Pusponegoro, SpA(K) memberikan tip bagaimana mengenali gejala autistik sedini mungkin, misalnya dengan melihat ada tidaknya kontak mata, hiperaktivitas, dsb. “Autisme dapat terjadi bersama gangguan lain, atau sulit dibedakan dengan gangguan lain. Adalah tidak tepat untuk memberi label speech delay atau hiperaktif. Speech delay hanya merupakan bahasa Inggris dari terlambat bicara, dan tidak mempunyai makna diagnosis apa-apa. Hiperaktif dapat merupakan salah satu gejala autisme, tetapi dapat juga ditemukan pada keadaan lain.” Sesi tanya jawab menjadi saat yang paling ditunggu oleh para peserta, bahkan ketika MC terpaksa mengakhiri sesi ini, kedua pembicara tetap ‘diserbu’ para ibu yang masih menyimpan banyak pertanyaan. Di akhir acara, diumumkan pemenang lomba foto instan dengan tema “Ibu dan si kecil,” yang diraih oleh Ibu Nova dan putranya Gagah. Selain itu peserta seminar juga membawa pulang doorprize.

(1) Resgistrasi peserta ramai, (2) Presentasi Dr. Hardiono D. Pusponegoro, SpA(K), (3) Presentasi Dr. Lies Dewi Nurmalia, SpA, (4) Dr. Asdineri Ruslim, SpOG, (5) Pemenang doorprize


Majalah anakku edisi Mei 2012