Page 1

Liputan Seminar Alergi, Susu Sapi pada Anak

Bonus: Lembar Aktivitas Anakku

Yoga

Mempermudah persalinan Camilan

Liburan ala

Alya Rohali

Ibu Hamil Macam & Manfaat

Susu

Ajari Anak

Cinta Lingkungan

Edisi 06/VII/2012 Rp. 25.000 (Jawa, Bali, Lampung)

Rp. 27.000

(Luar Jawa, Bali, Lampung)


nutrilon royal spread 1


rotarix

www.anakku.net

Juni 2012

1


beranda S a l a m h a n g at, Kami begitu bersemangat membuat edisi kali ini karena berkaitan dengan tema liburan. Masa-masa liburan sekolah memang masa yang paling ditunggu-tunggu, bukan saja oleh anak melainkan juga kita sebagai orang dewasa. Saatnya mengambil cuti panjang dan menjelajahi daerah baru bersama keluarga dalam suasana yang akrab dan santai. Namun di balik semua kegembiraan tersebut, jangan sampai mengabaikan kesehatan keluarga. Itu yang paling penting! Dari mulai persiapan perjalanan sampai di lokasi yang dituju. Bahkan yang memilih untuk liburan di rumah pun sebaiknya selalu memperhatikan kebutuhan anak-anak, terutama saat mereka harus kembali ke jadwal normal usai liburan. Memperingati Hari Lingkungan Hidup tanggal 5 Juni ini, Majalah Anakku mengajak Anda untuk melakukan berbagai aksi peduli lingkungan di daerah Anda. Ajak serta anak-anak agar kegiatan positif ini akan tertanam selalu dalam benaknya sampai dewasa nanti. Bagi Ibu yang sedang menanti kehadiran si kecil, ayo jangan hanya berdiam di depan televisi saat ada waktu untuk berolahraga. Lakukanlah olah raga ringan yang dapat membuat peredaran darah menjadi lancar dan janin pun ikut sehat. Saat berlibur ini juga Anda jangan sampai ‘kebablasan’ dalam hal mengatur pola makan agar timbangan tidak melesat naik setelah liburan.

Namun di balik semua kegembiraan

â??

tersebut, jangan

sampai mengabaikan kesehatan keluarga.

Selamat berlibur!

Itu yang paling penting!

Dr. Hardiono D. Pusponegoro, SpA(K)

Pimpinan Usaha: Dr. Hardiono D. Pusponegoro, SpA(K). Manager Bisnis: Rizal Alatas. Pemimpin Redaksi: Desiyanti Hariana. Redaktur Pelaksana: Dyah Soekasto. Redaksi: dr. Ika Fitriana, Andesi. Sekretaris: Indah Sembiring. Kontributor: DR. Dr. Tjhin M. Wiguna, SpKJ(K), Dr. Ari Muhandari Ardhie, SpKK(K), Dr. Setyo Handryastuti, SpA(K), Dr. Frida Soesanti, SpA, Dr. Rosalina Roeslani, SpA(K), Dr. med. Damar Prasmushinto, SpOG(K), Prof. dr. Wimpie Pangkahila SpAnd., Dr. Endang D. Tatar, MPH, SpA(K), Anita Chandra, M.Psi, Savitri Salmun, Amd. OT, Rahayu Eka Susilawati, Amd. OT, Yenni Ismayani, DR. Samuel Oetoro, MS, SpGK Konsultan Desain: Wulan Natasha Pusponegoro. Artistik: Evi D. Rahmawati, Agus Moller. Ilustrator: Andiko. Event Manager: Kak Hendra. Pra Produksi: Wahyudin. Website & Sosial Media: Adi Maryanto. Keuangan: Ni Nyoman A. Puniati, Edy Susanto. Fotografer: Ramos Pane. Koordinator Foto: Nathal Adjie. Marketing & Iklan: Rizal Alatas, Devina Lynir, Afdilla Triana. Distribusi: Mardani. Pelanggan: Wahyudin & Indah Sembiring.

Redaksi : Majalah Anakku - Jl. Kayu Putih Selatan No. 74, Jakarta Timur Telp. : (021) 4786 3434 (Hunting), Fax. : (021) 4786 4954, E-Mail: redaksi@anakku.net, anakku.info, DILARANG MENGUTIP ISI MAJALAH ANAKKU DALAM SEGALA BENTUK TANPA IZIN

2

Juni 2012 www.anakku.net

@anakku


cover story

Safina,

Si Cantik yang Ceria

Siang itu, suasana di Amadeus Portraiture diramaikan oleh tiga anak yang lucu-lucu. Mereka adalah model cover Safina Zahra (3) dan kedua saudaranya, Khalilah Aliza (6,5), dan Moh. Hafizh (13 bulan). Begitu memasuki studio yang terletak di kawasan Warung Buncit, Jakarta Selatan, ini, mereka pun asyik bermain dengan mainan yang merupakan properti pemotretan. Sesekali terdengar kericuhan kecil karena mereka saling berebut atau berbagi mainan. Model cover Majalah Anakku edisi Juni ini terlihat sangat dekat dengan ayah dan ibunya yang juga turut menemani saat pemotretan. Ibu Safina membawakan beraneka camilan dan di sela-sela pemotretan pun Safina minta disuapi es krim kesukaannya oleh sang ayah. Di sesi pertama, Safina yang mengenakan baju bermotif bunga-bunga siap bergaya di depan kamera. Dengan arahan fotografer dan dukungan dari keluarganya, Safina pun berekspresi seperti yang diminta. Dengan rambut digerai plus baju pink polos yang ia pakai pada sesi pemotretan kedua, membuat Safina makin terlihat cantik. Ia pun bergaya tanpa malu-malu, dengan senyum cerianya.

Nama Anak

Safina Zahra Nama Ayah

Jefri Sungkar Nama Ibu

Nafila Assegaf Tempat/ Tanggal Lahir

Jakarta, 24 Juni 2009 Tempat tinggal

Kalibata Utara, Jakarta Selatan

www.anakku.net

Juni 2012

3


daftar isi

Rubrik

Juni 2012

Utama!

Menjaga kesehatan saat liburan itu penting, agar bisa menikmatinya dengan maksimal. p. 18

Anakku News 18

40 Growing pain, seberapa mengganggu? Sakit pada

Ke mana kita berlibur?

persendian atau tulang anak tanda

Ajak anak ikut memilih tujuan

pertumbuhan.

liburan.

21 Sehat selama liburan

Perhatikan apa yang perlu diwaspadai saat berlibur.

42 Hati-hati penyakit musim liburan

45

24 Menjaga kesehatan

untuk si kecil.

kulit saat liburan

26 Liburan kreatif untuk

si kecil Tidak perlu ke luar kota

ataupun luar negeri, liburan pun bisa seru, kok!

Anakku Sehat 30 Aman di perjalanan

Anakku Cerdas 50 Mandi yuk... sayang 52 Ayo latih motorik halus si kecil Usia 9-18 bulan.

54

Cermati penggunaan car seat yang

ON OUR COVER

34 Memahami

perkembangan bicara pada anak

Model: Safina Zahra Photo & Digital Imaging: Nathal Adjie

37

Ajak si kecil makan sehat

Peduli lingkungan sedari dini Pilihan kegiatan cinta lingkungan untuk keluarga anda.

dengan si bayi kecil benar.

Lebih dekat mengenal jenis susu Pilih yang cocok

58

Aksi anakku: TK Indonesia Montessori, Kelapa Gading

60 Jika anak tidak naik kelas

Pindah sekolah tidak selalu jadi solusi terbaik.

62 Anak juga bisa depresi

Majalah Anakku Edisi 05/VII/2012 diterbitkan oleh Anakku Media Jl. Kayu Putih Selatan No. 74, Jakarta Timur, Telp. : 6221-4786 3434 (Hunting), Fax. : 6221-4786 4954, E-mail : redaksi@anakku.net

4

Juni 2012 www.anakku.net


Artis :

Alya Rohali Liburan, adalah ajang mengakrabkan anak

6

Menu : Penganan untuk Ibu 84 Hamil

Anakku Galeri 66 Fashion: Happy holiday Baju renang ceria untuk acara di pantai.

70

Pernak pernik: Main masak-masakan yuk Agar si kecil dapat membantu ibu di dapur.

72 Tip: Packing saat liburan 70

80 Nyeri saat berhubungan intim Segera atasi agar tidak

mengganggu keharmonisan Anda dan suami.

84 Menu: ­Panganan untuk ibu hamil ­­Nikmat dan kaya

nutrisi.

86 Bukan ­sembarang diet

Diet yang salah malah akan memberi dampak buruk.

Anakku Famili

Aktivitas Anakku

74

89 Lembar bonus untuk

78

Yoga saat hamil Gerakangerakan yang baik untuk ibu hamil.

Radang payudara ­bukan alasan stop menyusui Nyeri pada payudara

anak Yuk, mewarnai, tebak

gambar, dan menggambar.

perlu diamati agar tidak menjadi mastitis.

Yoga saat 74 hamil

30

Aman di perjalanan dengan si bayi kecil

www.anakku.net

Juni 2012

5


Foto: Ramos Pane

artis anakku

Alya Rohali

Andesi

Liburan, Ajang Mengakrabkan Anak Siapa yang tak kenal dengan perempuan cantik yang pernah menjadi None Jakarta Barat 1994 dan Putri Indonesia 1996 ini. Ya, Alya sekarang sudah menjadi ibu dari tiga dara cantik yang sehari-harinya disibukkan dengan profesi barunya sebagai notaris. Apa rencana Alya untuk liburan sekolah anak-anaknya kali ini? 6

Juni 2012 www.anakku.net

Bagi Alya, berlibur adalah salah satu cara untuk menyeimbangkan hidup. Selain itu juga ia menjadikan liburan sebagai saat untuk memperkuat ikatan antar anggota keluarga. “Kebetulan anakku yang pertama dan kedua seperti Tom & Jerry kalau ketemu, berantem melulu. Tapi kalau jauh malah kangen-kangenan dan saat liburan biasanya kompak. Jadi, bagi saya dan suami sebagai orangtua, liburan ini penting untuk mengakrabkan mereka,� tutur alumnus Program Pascasarjana Universitas Indonesia ini.

Mengenalkan hal-hal yang baru Ibu dari Namira Adjani Ramadina atau Janie (13), Diarra Anissa Rachbini (5)

dan Savannah Nadja Rachbini atau Savannah (2) ini selalu menjadikan liburan sebagai sarana untuk mengenalkan hal-hal baru pada anak. “Aku senang membawa mereka ke tempat yang dekat dengan alam atau banyak tempat bermainnya. Aku usahakan setiap liburan mengajak mereka ke negara atau daerah yang berbeda dengan tujuan agar anak-anak mereka dapat merasakan suasana baru,� terang penyuka museum dan tempattempat bersejarah ini. Supaya anak-anak tidak bertengkar saat memilih tujuan liburan, Alya punya trik tersendiri yang cukup ampuh.


nutrilon

www.anakku.net

Juni 2012

7


“Sebelum berlibur, aku browsing di internet tempat liburan yang akan dikunjungi, biasanya aku sudah punya rencana akan membawa mereka ke mana. Nah, sebelum waktu diskusi tiba, aku ‘bergerilya’ memperlihatkan brosur gambar, atau cerita tentang indahnya tempat yang akan kita tuju. Jadi, mereka sudah tertarik lebih dahulu untuk pergi ke sana, hahaha…,” ujar istri dari pengusaha, Faiz Ramsy ini tertawa. Bagi presenter Kuis Siapa Berani ini liburan tidak selalu berarti harus bepergian. “Alhamdulillah anakanak mau mengerti, mereka tetap senang saat aku mengajak mereka berenang, mengunjungi museum, nonton film di bioskop sambil mengajak para sepupu,” kata Alya. Pengalaman berlibur yang sangat berkesan bagi Alya adalah saat bersama keluarganya berlibur ke Solo. Itu adalah liburan terakhir dengan almarhum ayahnya, Alya masih terkenang pada saat-saat yang menggembirakan itu,” Waktu itu Diarra masih bayi, aku sengaja memboyong 30 saudara dan menyewa satu gerbong kereta api. Seru sekali!”

Tidak ribet, liburan pun happy Saat baru punya anak semata wayang, Alya biasa mengajak Janie (putri dari pernikahannya yang pertama) berlibur ke luar negeri. Di sana ia mengunjungi berbagai lokasi bersejarah dan juga museum yang menjadi favoritnya. Namun ketika Diarra lahir, Alya mengalami kesulitan mengajaknya berlibur karena si kecil takut keramaian juga naik pesawat. Untung anak bungsunya, Savannah, lebih mudah diajak berlibur seperti Janie.

8

Juni 2012 www.anakku.net

Tujuan berlibur kali ini sudah ditentukan, Disneyland Hong Kong. Karena Janie baru lulus SD dan sedang mempersiapkan masuk SMP, Alya pun memajukan waktu liburan mereka ke Bulan Mei. “Kebetulan ada long weekend di bulan ini, jadi aku dan anak-anak memilihuntuk liburan di minggu itu saja. Karena saat liburan bulan Juni-Juli nanti kami harus mempersiapkan sekolah Janie,” ungkap Alya yang kali ini terpaksa berlibur tanpa sang suami yang sedang sibuk. Alya terbiasa mengajarkan berbagai hal penting selama perjalanan pada anak-anaknya agar mereka tidak bosan dan dapat mengikuti aturan. Misalnya, “Mereka harus duduk sesuai dengan nomor pesawat, sabar saat mengantri dan aku pun tak lupa membawa peralatan menggambar agar mereka bisa anteng dalam perjalanan.”

Tip packing ala Alya “Kebetulan sejak belum menikah aku

paling senang liburan dan pergi jalanjalan, apalagi aku paling suka berlibur bersama anak-anak. Mungkin yang agak repot karena sekarang aku masih punya bayi, jadi harus membawa perlengkapan makan khusus bayi. Tapi selama liburan sih biasanya membawa makanan bayi siap saji, baju pun aku sesuaikan dengan cuaca,” ungkap bintang iklan shampo ini berbagi tip. Alya tidak pernah lupa membawa obat-obatan dan pakaian renang, topi serta vitamin. Ibu yang simpel ini biasanya hanya membawa dua koper saat berlibur, satu untuknya dan Janie, satu lagi untuk Diarra dan Savannah. Untungnya si sulung sudah beranjak remaja sehingga sudah bisa mengurusi dirinya sendiri, seperti mandi dan berpakaian. “Jadi, aku tinggal menggurus kedua anakku yang masih kecil,” tutur Alya yang sering membawa Sang Bunda ikut berlibur.


www.anakku.net

Juni 2012

9


event anakku

Ibu Peduli Alergi Atasi Alergi Susu Sapi Sejak Dini Pagi hari itu, Sabtu 12 Mei 2012, bertempat di ruangan lt. 4 RS. Bunda Margonda Depok, para orangtua antusias mengikuti Talkshow Ibu Peduli Alergi. Dibuka oleh Ibu Elok Satiti dari Abbott Indonesia. Ibu Elok mengemukakan pentingnya mengamati intoleransi protein susu sapi yang sering terjadi pada ana–anak di usia dini.

1

Acara dilanjutkan dengan presentasi tentang Nutrisi untuk tumbuh kembang optimal balita yang juga menyinggung sedikit banyak tentang protein susu sapi dari dr. Desiana Nurhayati, SpA dari Rumah Sakit Bunda Margonda Depok. Alergi dapat diturunkan dari orangtua, kakek atau nenek penderita. Jadi para peserta diminta mewaspadai gejala alergi yang mungkin timbul.

2

3

Nutrisi seimbang adalah asupan makanan yang mengandung gizi lengkap sesuai yang dibutuhkan bayi dan anak pada masingmasing usia. Bayi rentan terhadap alergi makanan dan Alergi Susu Sapi (ASS) yang merupakan jenis alergi makanan yang paling sering

4

5

6

(1) Sesi tanya jawab dengan dr. Desiana Nurhayati, SpA dan dr. Wienie Purbosari (2) Sambutan dari Ibu Elok Satiti, Product Manager ISOMIL (3) Salah seorang peserta talkshow bertanya pada pembicara (4) Para peserta talkshow serius mendengarkan presentasi (5) Pemenang lomba foto Ibu Peduli Alergi (6) Booth ISOMIL di serbu peserta seminar

10

Juni 2012 www.anakku.net

dijumpai pada anak usia kurang dari 2 tahun. ASS terjadi akibat adanya reaksi kekebalan tubuh terhadap protein yang terkandung di dalam susu sapi. Pembicara kedua, dr. Wienie Purbosari menegaskan bahwa susu pertumbuhan berbahan dasar isolat protein kedelai (soya) dapat menjadi alternatif nutrisi yang dapat membantu tumbuh kembang anak usia 1 tahun ke atas yang alergi susu sapi. Ibu perlu tahu cara menyimpan kaleng di tempat yang sejuk dan kering (suhu ruang), tutup rapat-rapat, jangan disimpan di lemari pendingin, serta kaleng susu yang sudah dibuka sebaiknya dihabiskan dalam waktu 3 minggu. Isomil Plus memiliki kelebihan: • Bebas laktosa dan protein susu sapi sehingga bisa dikonsumsi oleh anak dengan alergi susu sapi • Memiliki kandungan nutrisi penting untuk mendukung pertumbuhan anak secara normal, setara dengan susu sapi. • Ekstra kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi • Rasa yang enak dan disukai anak-anak. Sampai jumpa di acara selanjutnya di rumah sakit berbeda.


Edisi Juni 2012  

Majalah anakku edisi juni 2012

Advertisement
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you