Issuu on Google+

Bonus:

Lembar Kegiatan Anak

Mudik Nyaman Bersama Si Kecil

Tips: Atasi Airplane Ear

Ibu Hamil Berpostur Pendek = Sesar?

Nova Eliza

Kidal Bukan Masalah Kan?

Sebisa Mungkin Menghindari Mal

Cermat Memberi

Makanan Padat

kontrasepsi Semakin Puasa dan Beragam si Praktis

Pertama

Pertama

Edisi 09/VII/2011 Rp 22.000

Junior


www.anakku.net September 2011,

1


Beranda

PIMPINAN REDAKSI & USAHA Dr. Hardiono D. Pusponegoro, SpA(K) MANAGER BISNIS Rizal Alatas

Setelah menjalankan Ibadah Puasa di Bulan

Ramadhan tiba saatnya meraih kemenangan di Hari nan Fitri.

Saatnya membersihkan diri dengan saling bermaafmaafan. Membuka hati dan mengulurkan tangan dengan tulus. MINAL AIDIN WAL FAIDZIN

Segenap Redaksi anakku majalah mengucapkan

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1432 H Mohon Maaf Lahir dan Batin

SEKRETARIS Indah Sembiring REDAKTUR PELAKSANA Dyah Soekasto REDAKSI Andesi KONTRIBUTOR Dr. Frida Susanti, SpA. Dr. Ivan Riyanto Widjaja ARTISTIK Evi Dwi Rahmawati Bogie ILUSTRATOR Andiko EVENT KOORDINATOR Kak Hendra Andesi PRA PRODUKSI Wahyudin KEUANGAN Ni Nyoman A. Puniati Edy Susanto KONTRIBUTOR FOTO Budhy Ashary Popy Agency (Model) Fahrizal Ibrahim REDAKSI Jl. Kayu Putih Selatan No. 74 Jakarta Timur Tel. (021) 4786 3434 (hunting) Fax. (021) 4786 4954 E-mail: redaksi@anakku.net MARKETING DAN IKLAN Rizal : (021) 680 000 70 Dilla : (021) 6881 5515 Tel. (021) 4786 3434 (hunting) DISTRIBUSI Mardani Tel. (021) 4786 3434 PELANGGAN Wahyu & Indah E-mail: redaksi@anakku.net DILARANG MENGUTIP ISI MAJALAH ANAKKU

2

September 2011 www.anakku.net,

DALAM SEGALA BENTUK TANPA IZIN


www.anakku.net September 2011,

3


ruang utama

16 Kontrasepsi “Pas” untuk pasangan cerdas 24 Ber-KB tapi tetap menyusui

ruang Kehamilan & Menyusui

28 Menjaga kulit sehat selama hamil 31 Catat khusus bagi ibu hamil berpostur

pendek

33 Keunggulan nutrisi ASI 36 Artis :

Nova Eliza “Sebisa mungkin jangan Mal”

ruang anak

40 Minyak telon, sahabat bayi 43 Merawat rambut bayi 46 Agar si kecil tak sulit makan

36

4

September 2011 www.anakku.net,


ruang keluarga

62 Airplane Ear: Gangguan Saat Tinggal

Landas

Keluarga

66 Tips Mudik Bersama Si Kecil 70 Kotak Obat, Tabungan Kesehatan

Kunjungi Website kami untuk mendapatkan berbagai artikel yang menarik di www.足anakku.net

daftar isi

September 2011 COVER : Model : Abrisam Belva Hadie, Orang Tua: Erwin P. Hadie / Erika, Fotografer : Fahrizal Ibrahim, Pengarah Gaya : Andesi

ruang sekolah

74 Uang Saku, Positif? Negatif? 76 Bila si Kecil Kidal 80 Apa Itu Gangguan Belajar?

ruang pajang

82 Aku & Batik 86 Belanja Yuk :

Indahnya Masa Menyusui

88 Ekspresi 90 Tips:

Merawat Batik

www.anakku.net September 2011,

5


info

produk Monster Seram

Penulis: Nick Ward Penerbit: Erlangga for Kids Harga : RP. 28.000,“Tolong…!” teriak Jamie. “Ada monster di kamarku!” Si monster juga berteriak, “Tolong! Ada monster seram.” Lalu dia bersembunyi di bawah tempat tidur Jamie. Begitulah awal pertemuan Jamie dan si monster yang datang dari mimpi Jamie. Selanjutnya, Jamie dan si monster malah asyik bermain, membaca buku bersama, main kejar-kejaran, dan tampak sebagai dua sahabat. Lho kok bisa?

Seri Belajar Asyik Penerbit: Erlangga for Kids Ilustrasi: Emiliano Migliardo Harga : @ RP. 19.000,Buku yang terdiri 4 seri ini tepat diberikan kepada si kecil usia 3+ yang tengah bereksplorasi dengan aneka warna dan bentuk. “Mengenal Angka”, “Mengenal Bentuk dan Pola”, “Mengenal Huruf”, “Mengenal Lawan Kata.” Dilengkapi dengan gambar-gambar yang menarik, si kecil akan lebih semangat belajar dengan cara menyenangkan. Dan tentu saja akan lebih baik bila Ibu yang menemaninya.

Putri Matilda

Cerita & ilustrasi: Eva Montanari Penerbit: Erlangga for Kids Harga : Rp. 28.000,“Aku memang suka bercanda, Aku sering memasang apel di hidung agar terlihat seperti badut berhidung merah besar.” Demikian kata Matilda, gadis kecil yang berkhayal ingin menjadi apa saja. Menjadi seorang putri cantik yang tinggal di istana, pesta bersama teman-teman, bahkan memiliki sayap seperti kupu-kupu agar bisa terbang bebas.

6

September 2011 www.anakku.net,


info

produk KONICARE Gel Pengurang Gatal Gel pengurang Gatal yang memberikan rasa sejuk dan nyaman! Ibu, jangan anggap remeh bila kulit gatal akibat gigitan serangga, alergi atau panas matahari. Walaupun rasanya tidak nyaman, sebaiknya jangan digaruk karena akan menyebabkan iritasi. Usapkan segera Konicare Gel Pengurang Rasa Gatal, satu- satunya pengurang gatal dalam bentuk gel yang meresap, tidak lengket dan memberikan rasa sejuk di kulit. Terbuat dari bahan alami sari bunga Hammamelis lidah buaya untuk melembutkan kulit, meredakan bengkak, iritasi dan alergi. Untuk pemakaian berkali-kali? Boleh-boleh aja tuh!!

Thomas & Friends Judul: Misty Island Rescue Harga: Rp. 29.000

Dalam perjalanan ke Mainland, Thomas tersesat di laut Pulau Misty yang misterius. Ketika dia bertemu teman baru Bash, Dash dan Ferdinand. Mereka membantu Thomas menemukan jalan pulang. Akankah pengawas bertubuh tambun ini mencari Thomas. Saksikan kelanjutan ceritanya.

Charlie and Lola Judul: Eleven (Semua umur) Harga: Rp. 19.000

Anak Anda berusia 3 dan 7 tahun? Mereka cocok sekali menyimak VCD ini. Mereka pasti menjadi terpikat oleh kejenakaan Charlie dan adiknya Lola yang kecil. Di dalam Charlie & Lola volume ini mencakup 8 episode. Si kecil akan dihibur cerita tentang : 1. Saya Goody 2. Apa yang bisa saya pakai untuk Halloween? 3. Tapi kami selalu melakukannya seperti ini 4. Aku akan menyelamatkan panda 5. Saya ingin pulang 6. Jangan pernah pernah membiarkan pergi! 7. Semua berbeda tapi tidak sama 8. Aku tidak suka dengan hadiah ini

www.anakku.net September 2011,

7


info

agenda

OBHC Peduli Sadar Sekitar

Frisian Flag

Dukung Pengembangan Ilmu Kesehatan Anak Sebagai bentuk komitmennya dalam meningkatkan kualitas kesehatan anak untuk membantu keluarga Indonesia meraih esok lebih baik, Frisian Flag (Susu Bendera) melalui Frisian Flag Nutrition Institute mendukung pengembangan ilmu kesehatan anak dengan menyelenggarakan lunch symposium pada KONIKA (Kongres Nasional Ilmu Kesehatan Anak) ke-XV di Novotel Kawanua Manado yang diikuti oleh hampir 3.000 dokter spesialis anak anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) dari seluruh Indonesia. Selain itu Frisian Flag melalui Frisian Flag Nutrition Institute juga menghadirkan nara sumber dr. Jan Taminiau, ahli gastroenterologi anak dari European Medicines Evaluation Agency (EMEA) untuk memberikan paparan mengenai kondisi dan keterbatasan kemampuan absorpsi atau penyerapan saluran cerna saat terinfeksi oleh virus dan bakteri serta penatalaksanaan pemberian nutrisi yang sesuai dengan kondisi saluran cerna untuk memungkinkan penyerapan atau absorpsi nutrisi pada lunch symposia bertajuk “How virus and bacteria infect the intestinal and the impact of feeding regimes on disease outcome” pada 11 Juli 2011. Di mana Prof.Dr.M.Juffrie,PhD. Sp.A(K) spesialis anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada bertindak sebagai moderator.

8

September 2011 www.anakku.net,

Polusi udara diperkirakan telah memberi kontribusi bagi 800 ribu kematian setiap tahun. Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan American Thoracic (ATS) 2005 memaparkan polusi udara menimbulkan penyakit yang terkait respirasi (pernapasan) dan kardiovaskular, terganggunya aktivitas harian akibat sakit, gejala batuk, sesak dan infeksi saluran pernafasan, hingga terjadinya perubahan fisiologis seperti fungsi paru dan tekanan darah. Beranjak dari data tersebut, PT Combiphar mencanangkan kesadaran untuk peduli terhadap kesehatan orang lain khususnya kesehatan pernafasan. Bertajuk “OBHC Peduli Sadar Sekitar”, PT Combiphar mengajak masyarakat untuk peduli terhadap kesehatan diri sendiri dan orang lain yang diwujudkan dalam pemberian masker secara gratis kepada para pekerja yang setiap hari bekerja di jalanan maupun yang berhubungan langsung dengan polusi udara dari kendaraan bermotor, pada 2 Agustus 2011.

Dunia Otomotif di Kidzania Dalam rangka mewujudkan banyaknya permintaan anak-anak Indonesia untuk menghadirkan aktivitas yang terkait dengan dunia otomotif di KidZania, dan sebagai upaya untuk melengkapi theme park KidZania Jakarta dengan berbagai aktivitas bermain peran bagi anak-anak yang seru dan menyenangkan, PT Aryan Indonesia (KidZania Jakarta) bekerjasama dengan PT Sumi Rubber Indonesia (Dunlop) membuka establishment Dunlop Pro Tires Shop. Acara opening ceremony establishment Dunlop Pro Tires Shop berlangsung pada 29 Juli 2011 di The Metropolitan Theater of KidZania Jakarta. Pada kesempatan tersebut, Bapak Jiro Kawase selaku Direktur Sales & Marketing Dunlop, hadir memberikan sambutan, menandatangani berita acara pembukaan establishment, dan menerima kunci kota KidZania yang diserahkan oleh Bapak Maulana Iskandar Kahirawan selaku Direktur KidZania Jakarta.


info

agenda

Diary Bunda Diary Bunda untuk ketiga kalinya mengadakan kegiatan off air sebagai bagian dari program televisi Diary Bunda yang ditayangkan setiap Sabtu pagi jam 08.30 di ANTEVE. Kali ini acara diselenggarakan di Gandaria City Mal pada hari Minggu, 24 Juli dengan tema “Duniaku Dunia Belajar�. Tema ini dipilih karena selain bertepatan dengan Hari Anak Nasional, juga memasuki awal tahun ajaran baru 2011-2012. Perhatian pengunjung sangat besar karena berbagai acara di- tampilkan secara padat dan tanpa henti antara lain; talk show sebanyak 3 kali, penampilan tari dan kebolehan putra putri lainnya yang luculucu dan menarik. Pada kesempatan tersebut dilakukan juga temu darat antar anggota facebook Diary Bunda dimana dapat saling mengenal secara langsung dan berbagi cerita serta pengalaman. Ingin bergabung? Bunda-bunda dapat langsung mengunjungi diary-bunda@facebook. Sampai jumpa di acara Diary Bunda off air selanjutnya dan untuk program on air kami akan libur sejenak di tanggal 3 September dan akan kembali bersama bunda-bunda di rangkaian episode selanjutnya mulai tanggal 10 September, tetap di ANTEVE setiap Sabtu jam 08.30 pagi.

www.anakku.net September 2011,

9


info

agenda

Media Visit Factory Sari Roti

Pentingnya Deteksi Dini Diabetes pada Anak ”Kejadian penyakit kronik pada anak semakin meningkat tidak hanya di negaranegara maju, juga negara berkembang. Beban negara berkembang justru lebih berat karena selain menghadapi peningkatan kasus penyakit kronik pada anak, kita pun masih berhadapan dengan tingginya kejadian penyakit menular (infeksi). Hal inilah yang mengakibatkan kurangnya perhatian dari berbagai pihak terhadap penyakit kronik pada anak. Salah satu penyakit kronik yang kejadiannya semakin meningkat adalah diabetes mellitus (DM),” tutur dr. Badriul Hegar, SpA(K), PhD, Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (PP-IDAI) dalam sambutannya pada Seminar Media yang diselenggarakan oleh IDAI dan World Diabetes Foundation (WDF), 21 Juli 2011 di Jakarta. Waspadai bila anak sering buang air kecil, sering haus dan lapar, cepat lelah, berat badan turun, sesak nafas, nafas anak berbau asam/ aseton, infeksi jamur pada kulit, penglihatan kabur, muntah atau sakit perut. sebaiknya segera berkonsultasi kepada dokter. Anak dengan DM tipe 1 yang mengalami komplikasi dapat memiliki gejala mirip dengan gejala usus buntu seperti sakit perut, muntah, kesadaran menurun atau koma, dan lain sebagainya. ”Namun berbeda dengan gejala usus buntu, gejala diabetes tipe 1 pada anak mempunyai ciri khas yaitu nafas si anak berbau asam/aseton,” tegas dr. Aman Bhakti Pulungan,SpA (K), Project Manager program WDF ”Integrated and Comprehensive Management of Type 1 Diabetes Mellitus in Indonesia” sekaligus Ketua Perhimpunan Ahli Endokrinologi Anak Asia Pasifik (Asia Pacific Pediatric Endocrinology Society/ APPES).

10

September 2011 www.anakku.net,

Sebagai kelanjutan dari rangkaian kegiatan Sarapan Double Power, 27 Juli 2011 Sari Roti dan Blue Band mengajak media menyaksikan langsung proses pembuatan sarapan bernutrisi di pabrik Sari Roti di Cikarang. Pukul 08.00 WIB rekan media sudah berkumpul di lobby Head Office Unilever untuk bersama-sama berangkat ke lokasi pabrik Sari Roti di Cikarang. Kedatangan media disambut oleh Direktur Operasional PT Nippon Indosari Corpindo Yusuf Hady yang menjelaskan sejarah berdirinya pabrik Sari Roti, serta proses pembuatan roti secara rinci. Tur keliling pabrik Sari Roti menjadi acara yang telah dinantikan oleh para awak media, di mana sebelumnya semua harus mengikuti standar baku dengan menggunakan pakaian khusus dan melewati ruangan sterilisasi. Ini demi menjaga kualitas dan kebersihan produk Sari Roti. Mulai dari pencampuran adonan hingga pengemasan roti dilakukan oleh mesin berteknologi tinggi sehingga kualitas dan kehigienisan produk tetap terjaga. Menunjukkan komitmen Sari Roti untuk selalu menghadirkan produk yang Halal, Hygienic dan Healthy. Tak mengherankan bila tahun 2009-2010 Sari Roti berhasil meraih Top Brand Award dan Top Brand Kids Award di tahun 2009-2011 sebagai produk yang menjadi favorit masyarakat Indonesia.

SCHOOL VISIT

ke KLINIK ANAKKU

Sekolah Happy Holy Kids Kelapa Gading, Kamis 4 Agustus 2011 berkunjung ke Klinik Anakku Kelapa Gading. Puluhan siswa-siswi bertemu dokter dan bermain bersama. Selain mengenal tentang kesehatan dan diperiksa kesehatannya oleh dokter Nina, mereka dihibur oleh Storytelling bersama Kak Hendra dan boneka Henny. Semua senang dan membawa pulang hadiah menarik. Siapa lagi mau berkunjung ke Klinik Anakku ?...we are welcome !


s u r a t

anda

Kirimkan Surat, Saran dan Kritik Anda ke Redaksi : Jl. Kayu Putih Selatan No. 74. Jakarta Timur. Tel. (021) 4786 3434 (hunting), 688 15515 Fax. (021) 4786 4954, E -mail: redaksi@anakku.net

Klub Masak Anakku

Lembar Khusus Anak

Dear Anakku,

Dear Anakku,

Sebagai pembaca setiamu, boleh dong saya usulkan bagaimana kalau Majalah Anakku bikin klub masak Anakku.di mana resepnya dikhususkan untuk bayi dan anak-anak. Soalnya pengalaman pribadi saya, kita ini para ibu sering bingung menyajikan makanan buat anak, terutama usia balita. Semoga mendapat sambutan yang baik. Terima kasih.

Saat membaca majalah Anakku, buah hati saya yang berusia 3 tahun selalu mau ikutikutan membaca karena kan covernya anak-anak, dia pikir isinya pun buat anakanak.

Deswita Anhar Jakarta Selatan Wah, Ibu Deswita usul Anda menarik sekali. Coba nanti kita survei dulu berapa besar antusiasme pembaca Anakku yang lainnya. Terima kasih.

Wah, bagaimana kalau majalah Anakku menyediakan juga halaman khusus buat anak-anak, misalnya lembar mewarnai, cerita anak, dan sebagainya. Supaya Saskia, putri saya bisa turut menikmati. Nenny Triwahyuni Bekasi Barat

Ibu Nenny, kita sedang mempersiapkannya, semoga Saskia segera bisa menikmatinya.

Menang Lomba Foto Dear Anakku, Beberapa bulan lalu anak saya memenangi lomba foto di acara seminar Anakku di sebuah mal. Menurut panitia foto anak saya akan muncul di majalah Anakku. Maaf, mungkin saya terlewatkan membelinya, karena harus keluar kota agak lama. Bolehkah saya diinformasikan di edisi bulan apa putra saya muncul? Dan bagaimana caranya jika saya ingin mendapatkan maalah Anakku tersebut? Inge Yuditya Bogor

Ibu Inge, bisa menghubungi Redaksi Anakku 021-4786 3434, nanti akan kami kirimkan ke alamat Ibu. Terima kasih.

iklan

www.anakku.net September 2011,

11


Bantulah Sang Bayi Menemukan Botol Susunya...

Kirimkan jawabanmu dalam selembar kartu pos ke

Redaksi Majalah Anakku Kayu Putih Selatan II No 74, Jakarta 13220 Hadiah untuk 5 pemenang masing-masing berupa Paket Menarik yang dipersembahkan oleh :

12

September 2011 www.anakku.net,


www.anakku.net September 2011,

13


MITRA MAJALAH

RUMAH SAKIT

AGUNG

Mitra Rumah Sakit RS. Mitra Keluarga - Kelapa Gading Jl. Bukit Gading Raya Permai Kav. 2 Jakarta Utara 14240 Telp. : (021) 4585 2700, 4585 2800

RS. GADING PLUIT Jl. Boulevard Timur Raya, Jakarta Utara 14250 Telp. : (021) 4586 6068

RS Bersalin ASIH Jl. Panglima Polim I No. 34 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12160 Telp. : (021) 270 0610

RS. MH. THAMRIN INTernational SALEMBA Jl. Salemba Tengah No. 24-28, Jakarta Pusat Telp. : (021) 390 4422

RSIA BUNDA ALIYAH Jl. Pahlawan Revolusi No. 100, Pd. Bambu, Jakarta Telp. : (021) 8660 2525

RSIA TAMBAK Jl. Tambak No. 18, Manggarai, Jakarta Selatan Telp. : (021) 230 3444

RS. MEDISTRA Jl. Gatot Subroto Kav. 59, Jakarta Selatan 12950 Telp. : (021) 521 0200

RS. YADIKA Jl. Pahlawan Revolusi No. 47, Pd. Bambu, Jakarta Telp. : (021) 861 5754, 861 0756

RS. AGUNG Jl. Sultan Agung No. 67, Jakarta Selatan 12970 Telp. : (021) 829 4955 (Hunting)

RS. BUNDA MEDIK Healthcare System RSIA Bunda Jakarta - RSU Bunda Margonda RSU Citra BMC Padang - BIC Klinik - Morula IVF Jakarta - Emergency Response

SamMarie FAMILY HEALTHCARE Jl. Wijaya I No. 45, Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12170 Telp. : (021) 721 1305 (Hunting)

RS. PONDOK INDAH Jl. Metro Duta Kav. UE, Jakarta Selatan Telp. : 021-7657525 ext. 1300, Direct-Line : 021-7500157 Website : www.rspondokindah.co.id

BRAWIJAYA WOMEN & CHILDREN HOSPITAL Jl. Taman Brawijaya No. 1 Cipete Utara Kebayoran Baru Jakarta Selatan Telp. 021-7211337, 72799533, Fax. 021- 7211364 Website: www.brawijayahospital.com

Kelompok Bermain - Taman Kanak-kanak

‘Aisyiyah 48 Ranting Pulogadung

Mitra Sekolah HIGH/SCOPE INDONESIA Elementary & Middle School Telp. : (021) 45860927/8 Early Childhood Educational Program (ECEP) Telp. : (021) 45875287/8

TK/KB AISYIYAH 21 Jl. Balai Pustaka Barat No. 2 Rawamangun Jakarta Timur Telp : (021) 4700571 / 475 9207

KB / RAUDHATUL-ATHFAL QUR’ANI Yayasan Putra Mulia Jl. Bangunan Timur No. 14, Kayu Putih Jakarta Timur Telp. (021) 489 1999

THE GRACIA FOUNDATION FOR EDUCATION Jl. Cipinang Jaya 4, Block C-8, Jakarta Telp : (021) 8190320, Fax : (021) 8517994

TK. MUTIARA INDONESIA - Asuhan : Kak Seto Jl. Kayu Putih Selatan, Jakarta Timur Telp. : (021) 489 7758

TK. ISLAM AL-AZHAR - RAWAMANGUN Jl. Sunan Giri No. 1 Rawamangun, Jakarta Timur Telp. : (021) 470 2412

HAPPY HOLY KIDS Playgroup & Kindergarten Sunter Agung : Jl. STS III Blok A No. 27 Telp. : (021) 645 0637 Klp Gading : Apart. Wisma Gading Permai RO 1/21 Telp : (021) 45844644

‘AISYIYAH 48 - Ranting Puloasem Kelompok Bermain - Taman Kanak-kanak Jl. Puloasem Utara XII No. 3-5 Jati Pulogadung, Jakarta Timur Telp. : (021) 4700 394

KB/TKIT AL-JIHAD Jl. Rajawali Raya Kav. 1, Kranggan Permai Jatisampurna, Bekasi 17433 Telp. : (021) 844 7426

14

September 2011 www.anakku.net,


r u a n g ALFIAN

u t a m a 16 Kontrasepsi “Pas� untuk pasangan cerdas 24 Ber-KB tapi tetap menyusui

www.anakku.net September 2011,

15


r u a n g

u t a m a

Kontrasepsi “Pas�

Untuk Pasangan Cerdas Memilih kontrasepsi bukan hanya masalah aman dan mampu membatasi kehamilan, tapi juga pas untuk Anda dan pasangan.

A

da tips tertentu bagi Anda yang ingin memilih kontrasepsi, mulai dari mereka yang baru menikah hingga yang tak ingin memiliki anak lagi.

Pasangan muda atau baru menikah Selamat sebelumnya bagi Anda yang baru menikah. Beberapa pasangan memilih untuk menunda kehamilan, tapi kontrasepsi apa yang paling tepat? Bagi mereka yang belum berencana hamil, kontrasepsi hormonal kombinasi bisa menjadi alternatif, terutama bagi yang disiplin minum obat. Jenis kontrasepsi ini memiliki kemampuan kembali subur yang lebih cepat dibanding kontrasepsi lain. Anda bisa mudah menyetop penggunaan kemudian kembali subur begitu Anda menginginkannya. Bagi yang tak ingin repot repot minum pil setiap hari, terdapat sediaan kontrasepsi hormonal kombinasi dalam bentuk suntik satu bulan sekali. Namun bagi yang sibuk pun hingga tak sempat minum obat, atau yang tak ingin terkena efek samping obat hormonal dapat mencoba sistem sawar alias kondom atau diafragma untuk mencegah kehamilan sementara. Dengan catatan, mereka dapat menggunakannya secara benar karena efektivitas sistem sawar menurun drastis bila si pemakai tak benar menggunakannya. Alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR) seperti Copper T juga bisa menjadi alternatif meski sebagian pasangan muda merasa tak yakin kesuburan akan kembali cepat atau tak nyaman dalam pemasangan. Padahal, selama tak ada infeksi, alat yang hanya

16

September 2011 www.anakku.net,


r u a n g

u t a m a

www.anakku.net September 2011,

17


r u a n g

u t a m a

memerlukan sekali pemasangan ini tidak memengaruhi cepat tidaknya kembali kesuburan. Pada prinsipnya, begitu alat diambil dari rahim Anda, kesuburan telah kembali. Saat ini AKDR dapat menjadi alternatif kontrasepsi darurat, yaitu jika Anda terlanjur berhubungan intim dan merasa tak yakin apakah kehamilan dapat dicegah. AKDR dapat segera dipasang selama 72 jam setelah hubungan intim untuk mencegah kehamilan

Pilihan bagi si pengantin baru - kontrasepsi hormonal kombinasi - suntikan - sawar kondom ataupun diafragma - IUD

Pasangan yang ingin membatasi kehamilan Bagi Anda yang telah memiliki putra/putri dan tak ingin buru-buru hamil

18

September 2011 www.anakku.net,

lagi, menjaga jarak kehamilan mungkin menjadi tujuan utama Anda. Beberapa pasangan ingin menunda sampai si kecil cukup siap untuk punya adik lagi. Pada masa-masa seperti ini, ibu biasanya direpotkan dengan berbagai aktivitas mengasuh dan bekerja sehingga sedikit waktu disediakan untuk memikirkan perihal kontrasepsi. Minum pil setiap hari mungkin cukup merepotkan dan seringkali terlupa sehingga pil kombinasi atau minipil bukanlah pilihan yang cocok bagi sebagian ibu.

haid lebih lama atau flek-flek di antara haid. AKDR yang dilapisi hormon levonorgestrel dapat menjadi pilihan untuk mereka yang mengalami efek samping ini.

Pada usia aktif ketika hubungan intim menjadi hal rutin dan kesuburan masih tinggi, AKDR bisa menjadi alternatif terbaik, terutama bagi ibu yang tak ingin repot minum pil atau ke dokter/bidan untuk suntik.

AKDR hormonal ini selain dapat membatasi kehamilan dengan cara seperti AKDR biasa, juga mencegah pertumbuhan dinding endometrium, penebalan mukosa mulut rahim, dan pergerakan serta fungsi sperma. Yang terpenting, perdarahan yang sering jadi keluhan pada para pengguna AKDR berkurang hingga 75% dalam tiga bulan pertama setelah pemasangan. Bahkan setelah satu tahun, 70-90% wanita yang menggunakan AKDR berhormon ini akan mengurangi jumlah darah haid, dan 20-30% tidak haid sama sekali.

AKDR merupakan pilihan aman dan dapat diberikan pada mereka segera setelah persalinan, setelah keguguran, setiap saat setelah melahirkan, saat menyusui, bahkan pada usia muda yang tidak dapat menggunakan metode hormonal. Keluhan yang paling sering muncul saat penggunaan AKDR adalah

Alternatif lain adalah dengan metode implant atau suntik hormonal. Sesuai namanya, implant dipakai dengan memasukkan selongsong berisi hormon di bawah kulit, bisa bertahan tiga sampai lima tahun tergantung pilihan pengguna. Metode ini cukup nyaman karena Anda cukup memasang satu kali


r u a n g

u t a m a dan kembali kontrol tiga tahun kemudian. Umumnya waktu yang dipilih sesuai dengan keinginan Anda dalam membatasi kehamilan. Karena metode ini termasuk metode hormonal, efek samping tersering adalah gangguan hormonal, paling sering pengguna tidak lagi haid karena tertekannya pertumbuhan endometrium di rahim. Efek penekanan hormon lainnya adalah berkurangnya massa tulang, sehingga harus diimbangi dengan asupan kalsium yang cukup. Norplant adalah implant yang berisi enam selongsong dan bisa bertahan hingga tujuh tahun, namun saat ini implant yang beredar di pasaran internasional adalah Jadelle untuk pemakaian 5 tahun dan Implanon untuk tiga tahun. Jadelle dan Implanon dibandingkan norplant lebih praktis karena hanya mengandung dua selongsong. Metode implant memiliki efektivitas tinggi, dengan angka kegagalan 0,1% sampai 0,2% terutama pada tahun pertama penggunaan.

Berbagai pilihan kontrasepsi Metode

Kegagalan*

Keuntungan Non Kontrasepsi

Alami

3-5

-

Gagal

Sawar

9

-

Gagal

Kondom

6

Mencegah infeksi menular seksual

-

0,3

Mengurangi risiko perdarahan, osteoporosis, kanker endometrium (rahim) dan indung telur

Sumbatan venda dan arteri

Kontrasepsi pil

Faktor Resiko

Kontrasepsi progestin

0,3

Mengurangi risiko kanker endometrium (rahim) dan indung telur

Flek dari kemaluan

AKDR

0,6

Mengurangi risiko kanker endometrium (rahim)

Flek dari kemaluan

IUS (Intrauterine system) - AKDR hormon

0,2

Mengurangi risiko flek-flek atau haid berlebihan

Lepas/ keluar sendiri

Sterilisasi pria

0,15

-

Kesuburan tidak kembali

Sterilisasi wanita

0,5

-

Kseuburan tidak kembali

Pasangan usia lebih dari 40 tahun Usia 40 tahun merupakan usia yang kurang subur dan lebih konsisten dalam pemakaian kontrasepsi, dengan berbagai keluhan menjelang menopause, serta hubungan intim yang lebih jarang. Hal-hal ini ikut dipertimbangkan dalam memilih kontrasepsi. Berdasarkan tabel di samping, untuk usia di atas 40 tahun, metode alami seperti menghitung kalender atau senggama terputus paling sering mengalami kegagalan diikuti dengan metode sawar (diafragma) dan kondom. Sehingga, bila kontrasepsi jatuh pada pilihan diafragma, ibu juga harus dibekali dengan teknik kontrasepsi darurat. Sedangkan metode kondom lebih efektif dibandingkan diafragma namun masih kalah dengan kontrasepsi pil, kontrasepsi progestin, AKDR, ataupun sterilisasi. Namun, kondom memiliki keuntungan yaitu dapat mencegah penularan infeksi menular seksual.

*persen kegagalan pada tahun pertama.

www.anakku.net September 2011,

19


r u a n g

u t a m a Untuk risiko kegagalan terkecil, agaknya alat kontrasepsi dalam rahim memiliki risiko yang sama kecilnya dengan sterilisasi.

Pil kontrasepsi bisa diminum sampai mendekati menopause pada ibu yang tidak memiliki gangguan tekanan darah, gangguan pembekuan darah, dan tidak merokok. Untuk mereka yang tidak diperbolehkan menggunakan estrogen, misalnya karena ada risiko kanker payudara, dapat menggunakan jenis kontrasepsi lain, termasuk kontrasepsi progesteron. Alat kontrasepsi dalam rahim,

memiliki efektivitas yang tinggi dan dapat digunakan secara jangka panjang. Karena kesuburan yang berkurang, penggunaan AKDR ini bisa berlanjut hingga satu sampai dua tahun setelah menopause tanpa perlu buru-buru melepasnya. Alat kontrasepsi dalam rahim dengan hormon progestin (IUS) memiliki keuntungan dapat mengurangi perdarahan haid. Keuntungan lain menggunakan AKDR adalah menurunnya risiko kanker endometrium hingga 46%.

Sterilisasi tentu saja masih menjadi pilihan utama bagi mereka yang memang tak ingin lagi memiliki anak dengan risiko kegagalan paling kecil dibanding metode lainnya. WHO menjamin tak ada kondisi kesehatan yang dapat menjadi halangan sterilisasi. Teknik sterilisasi ini dilakukan dengan cara mengikat tuba melalui operasi dan pembiusan. Pada tahun 2002, telah diresmikan suatu alat sterilisasi yang cukup di-

masukkan lewat mulut rahim yang disebut Essure. Alat ini didisain khusus

untuk dapat masuk rahim melalui vagina (tanpa operasi) dan “menyumbat� tuba dengan cara menstimulasi pertumbuhan jaringan sehingga sperma tidak dapat masuk. Karena cara kerjanya baru sempurna setelah tiga bulan, kontrasepsi cadangan perlu tetap terpasang untuk mencegah terjadinya kegagalan.

20

September 2011 www.anakku.net,

Tips pilih kontrasepsi untuk usia lebih dari 40 tahun:

Kenali masing-masing kontrasepsi yang ada dan sesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda. Bila Anda memiliki tekanan darah tinggi, gangguan pembekuan darah, atau risiko kanker payudara, pilihlah alat kontrasepsi non hormonal.

(bisa dilihat di website WHO: http://www.who.int/reproductivehealth/ publications/family_planning/wheel_v4_2010_EN.swf )

Tanyakan untung rugi setiap metode kontrasepsi dan informasi mengenai metode yang terbaru, efektif, kemungkinan kembali subur atau pilihan sterilisasi.

Tanyakan kapan sebaiknya Anda menghentikan kontrasepsi. Misalnya, kontrasepsi non hormonal seperti AKDR dapat dipertimbangkan dikeluarkan dari rahim dua tahun setelah haid berhenti pada mereka yang berusia di bawah 50 tahun, dan satu tahun pada usia di atas 50 tahun. Sedangkan kontrasepsi tetap perlu dipertimbangkan meskipun Anda telah menggunakan HRT (hormone replacement therapy) yaitu pil yang mengandung hormon estrogen untuk menggantikan estrogen tubuh yang mulai menurun pada usia menopause yaitu sampai Anda memasuki usia tak subur alami.


r u a n g

u t a m a

www.anakku.net September 2011,

21


r u a n g

u t a m a

Pria pun dapat ikut ber-KB Vasektomi mungkin bukan hal yang familiar didengar, tetapi sebenarnya teknik kontrasepsi ini bukan lagi barang baru. Efektivitas vasektomi sebanding dengan metode permanen dan jangka panjang lainnya seperti sterilisasi pada wanita. Kegagalan vasektomi sebesar 0,20,4% yang biasanya disebabkan oleh pengguna yang tidak menggunakan kontrasepsi cadangan selama satu tahun setelah metode vasektomi dilakukan atau karena kegagalan operasi pengikatan saluran sperma. Menurut WHO, saat ini efektivitas vasektomi baru terjamin setelah 12 minggu paska tindakan. Vasektomi sangatlah aman dan hanya memerlukan operasi yang sederhana. Jarang sekali terjadi ke- matian atau angka kesakitan dan biasanya tak memiliki efek apapun. Komplikasi seperti nyeri post operatif, perdarahan atua infeksi, serta nyeri kronis terjadi pada 5-10%. Saat ini teknik vasektomi “tanpa pisau bedah” lebih nyaman dan aman bagi pengguna. Vasektomi dapat dilakukan secara sederhana tanpa rawat inap dengan teknik bius lokal, namun sayangnya metode ini kurang popular di berbagai kalangan.

Urutan teknik kontrasepsi Sangat efektif: - - - - - - -

Implant Vasektomi Suntikan kombinasi Suntikan progestin Tubektomi Alat kontrasepsi dalam rahim T Cu380A Pil progestin/mini pi (laktasi)

Sangat efektif bila dipakai secara tepat dan konsisten - Metode laktasi amenore - Pil kontrasepsi kombinasi - Pil progestin (non-laktasi) Referensi: 1. T, James. James The Essentials of Contraception: Efficacy, Safety, and Personal considerations. Contraceptive Technology Update. 18th ed. 2. Trierweiler K. Contraceptive failure: How clinicians can promote effective contraceptive practice. Women’s health section. Februari 2000 3. Kelaikan medik dalam penggunaan kontrasepsi. Disampaikan dalam pelatihan Contraceptive Technology updates 2003.

22

September 2011 www.anakku.net,

Efektif bila dipakai secara tepat dan konsisten • • • • • •

Kondom pria Sanggama terputus Diafragma + spermasida KB alamiah Kondom perempuan Spermasida


r u a n g

u t a m a

www.anakku.net September 2011,

23


r u a n g

u t a m a

Ber - KB Tapi Tetap Menyusui “Saya masih menyusui bayi saya, jadi tidak perlu memakai alat kontrasepsi…” Benarkah demikian?

S

i kecil telah hadir di tengah Anda dan pasangan Anda. Kebahagiaan ini seringkali membuat ayah dan ibu baru ‘lalai’ untuk memikirkan kontrasepsi sebagai pencegah kehamilan. Jangan tunda lagi segera konsultasikan dengan dokter atau bidan untuk merencakan kontrasepsi bagi Anda. Pertanyaan kemudian muncul, “Apakah nantinya kontrasepsi akan memengaruhi kualitas dan kuantitas ASI saya? Saya ingin memberi ASI eksklusif selama 6 bulan, dan lanjut hingga anak usia 2 tahun.” Pendapat lain mengatakan bahwa selama memberi ASI, ibu tidak perlu menggunakan alat kontrasepsi apapun, karena menyusui adalah cara ber-KB secara alami.

24

September 2011 www.anakku.net,

Pada saat ibu hamil, kadar hormon estrogen dan progesterone yang tinggi menekan aktivitas hormon di otak yang mengatur kesuburan (gonadotropin). Sekitar satu bulan setelah melahirkan, kadar hormon mulai turun sehingga gonadotropin dapat beraksi kembali. Bila ibu menyusui, hormon menyusui (prolaktin) dan isapan bayi pada putting susu akan menekan aksi gonadotropin. Akibatnya? Ibu tidak mengalami ovulasi (tidak menstruasi). Inilah yang disebut sebagai kontrasepsi menyusui.

Hati-hati Tidak semua ibu menyusui bisa mengandalkan metode ini sebagai sarana ber-KB.


r u a n g

u t a m a

www.anakku.net September 2011,

25


r u a n g

u t a m a Metode Ber-KB untuk ibu menyusui :

ibu memberikan ASI eksklusif tanpa makanan/ minuman lain kepada bayi

selalu memberi ASI sepanjang hari (dari pagi hingga malam, minimal 6-8 kali menyusui sehari selama 20 menit)

bayi berusia 6 bulan ke bawah

ibu tidak mengalami haid setelah 8 minggu pertama setelah melahirkan

diafragma, gel spermisida, dan kondom : Dapat

menjadi pilihan wanita dengan keluhan vagina kering karena selama menyusui terjadi penurunan estrogen.

Jika ini berjalan, maka metode ini memiliki angka keberhasilan 98%. Tapi ingat, kontrasepsi menyusui ini memiliki beberapa kelemahan. Efeknya dalam menekan kesuburan ibu akan berkurang bila bayi sudah berusia 6 bulan lebih, ibu mengalami menstruasi, atau bila frekuensi menyusui bayi sudah berkurang. Mengapa?

bayi sudah mendapatkan makanan pendamping selain ASI

ibu tidak lagi menyusui di siang hari karena bekerja

ibu atau si kecil sakit sehingga proses menyusui terhenti beberapa saat

ibu dengan sengaja mengurangi frekuensi pemberian ASI

Fakta di atas membuat ibu dan tentu saja pasangannya perlu segera berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan program ber-KB apa yang akan dipilih. Idealnya keputusan untuk memilih jenis kontrasepsi sudah dilakukan sejak masa kehamilan, agar ibu dapat mempertimbangkan dengan seksama pilihan kontrasepsinya.

Metode apa yang bisa dipilih? >>NON-HORMONAL Ini merupakan pilihan pertama bagi ibu yang ingin menyusui dan mengatur jarak kehamilan berikutnya. Karena tidak ada hormon yang terlibat dan memengaruhi ASI.

Apa saja pilihannya? alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR)/IUD : Ini

merupakan pilihan pertama bagi ibu yang belum menginginkan kontrasepsi mantap. AKDR dapat mulai digunakan setelah satu bulan pasca melahirkan, biasanya pada akhir masa nifas. Sebenarnya AKDR dapat digunakan lebih awal yaitu pada 48 jam pertama pasca melahirkan, namun risiko AKDR keluar akan lebih besar.

kontrasepsi mantap (sterilisasi) : Tepat digunakan bagi pasangan yang tidak menginginkan anak lagi.

26

September 2011 www.anakku.net,

>>HORMONAL Kontrasepsi ini kerap membuat ibu ragu-ragu karena takut produksi ASI terganggu atau ada kandungan hormon yang bercampur dengan ASI. Memang ada hormon yang akan masuk ke ASI, namun jumlahnya relatif kecil, yakni sekitar 1%. Penelitian membuktikan bahwa kontrasepsi hormonal tidak memengaruhi pertumbuhan si kecil.

Apa saja pilihannya? pil KB progesteron : Cocok digunakan karena terbukti

aman dan tidak memengaruhi jumlah dan kualitas ASI. Penggunaannya dapat dimulai kapanpun, bahkan pada masa nifas. Jika dikonsumsi setelah hari ke-21 pasca melahirkan, ibu memerlukan kontrasepsi tambahan seperti kondom selama 2 hari. Angka keberhasilannya cukup tinggi, sekitar 99%.

KB suntik : Ibu dapat memilih metode ini karena obat

yang disuntikkan hanya mengandung progesterone dan tidak memengaruhi ASI. Cara kerja hampir sama dengan pil progesterone, hanya saja dosisnya lebih besar dan pemberiannya satu bulan sekali. Sebaiknya suntikan KB diberikan setelah minggu ke-6 pasca melahirkan untuk menunggu sistem saraf pusat, hati, dan organ bayi lainnya cukup matang.

KB implant : Tergolong aman karena hanya mengandung progesterone dan dapat dimulai kapan saja. Jika implant dimasukkan setelah hari ke-28 pasca melahirkan, maka ibu memerlukan kontrasepsi tambahan selama 7 hari.

Pil KB kombinasi (estrogen dan progesteron) : Pil KB yang mendominasi pasaran di masyarakat ini kurang cocok digunakan oleh ibu yang ingin menyusui bayinya, karena dapat mengurangi produksi ASI. Namun jika terpaksa ibu menggunakan pil KB ini disarankan digunakan setelah 6 minggu pasca melahirkan.


r u a n g

ARNOLD

kehamilan & menyusui 28 Menjaga kulit sehat selama hamil 31 Catat khusus bagi ibu hamil berpostur

pendek

33 Keunggulan nutrisi ASI 36 Artis :

Nova Eliza “Sebisa mungkin jangan Mal� www.anakku.net September 2011,

27


r u a n g

kehamilan & menyusui

P

emilihan kosmetik selama hamil harus diperhatikan, sehingga kecantikan dan kesehatan kulit tetap terjaga. Kosmetik terbagi menjadi dua; kosmetik dekoratif atau biasa kita kenal dengan make up, seperti bedak, perona bibir, perona pipi, dan lain-lain. Kemudian berikutnya adalah kosmetik skin care, seperti susu pembersih, sabun wajah, penyegar, pelembab, dan tabir surya. Pada kosmetik, walaupun hanya dioleskan di permukaan kulit, seringkali diberikan zat aktif yang dapat masuk ke dalam kulit dan sedikit banyak beredar ke pembuluh darah. Bahan aktif inilah yang harus kita perhatikan, karena beberapa zat aktif tersebut dapat mempengaruhi janin. Sejauh ini peredaran kosmetik di Indonesia diawasi oleh badan POM (Pengawasan Obat dan Makanan). Setiap kosmetik yang terdaftar dalam badan pengawas tersebut relatif aman digunakan oleh ibu hamil. Jadi kita harus jeli melihat kandungan bahan aktif yang terdapat di setiap kosmetik.

Apa saja masalah yang timbul? Kulit kering (xerosis) : Kurang cairan pada ibu hamil dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan sering menimbulkan rasa gatal,terutama di daerah perut. Peregangan kulit pada perut dapat menyebabkan stretchmark, Hal ini dapat dicegah dengan pemberian pelembab sehingga elastisitas kulit terjaga.

Sehat Selama

Menjaga Kulit

Hamil

Hamil bukan alasan untuk berhenti merawat kesehatan kulit. Sayangnya justru banyak wanita hamil tidak melakukannya, padahal ketika hamil terjadi perubahan hormon yang dapat menimbulkan masalah kulit.

28

September 2011 www.anakku.net,


r u a n g

kehamilan & menyusui

www.anakku.net September 2011,

29


r u a n g

kehamilan & menyusui Hiperpigmentasi (melasma):

Pencoklatan kulit, yang biasanya timbul pada wajah dan leher akibat hormon estrogen yang fluktuatif, kemudian pencoklatan diperberat oleh paparan sinar matahari. Keadaan ini akan hilang setelah melahirkan.

Hindari : • Mercury menyebabkan kerusakan saraf permanen dan gangguan perkembangan janin. Waspadai kosmetik yang tidak terdaftar badan pengawas dan tidak jelas produsennya.

9 Langkah perawatan kulit

1 2

Minum air putih minimal 8 gelas sehari.

• Soy biasa terdapat pada produk pelembab dan sabun. Soy atau kedelai merupakan fitoesterogen yang dapat memperberat efek hitam pada ibu hamil • PABA (Para Amino Benzoic Acid) yang terdapat pada beberapa sunblock, bahan ini dapat menyerap sinar ultraviolet sehingga meyebabkan pencoklatan kulit.. • Benzophenone-3 (Oxybenzone) terdapat pada beberapa sunblock dan memiliki aktivitas seperti hormon estrogen, sehingga dapat menyebabkan ketidak seimbangan hormon. • Hydroquinone bahan pemutih yang sebaiknya dihindari, mengingat pencoklatan yang timbul pada ibu hamil bersifat sementara (akan spontan hilang setelah melahirkan). Hydroquinone memiliki efek samping kemerahan hingga bercak hitam.

Saran:

30

Titanium dioxide / Zinc oxide

merupa-kan bahan aktif pada beberapa sunblock yang berfungsi memantulkan sinar.

Licorice extract memiliki bahan

aktif untuk mencerahkan kulit dengan menghambat produksi pigmen melanin, penyebab pencoklatan kulit.

Serum vitamin C merupakan anti-oksidan penangkal radikal bebas, yang salah satunya didapat dari paparan sinar matahari yang membuat kulit menjadi kusam. AHA dapat berfungsi sebagai

pencerah kulit, dan dalam konsentrasi rendah berfungsi sebagai pelembab.

September 2011 www.anakku.net,

Konsumsi makanan sehat seperti sayuran hijau dan buah yang sarat vitamin dan mineral.

3

Konsumsi makanan yang mengandung protein, untuk pertumbuhan sel-sel kulit.

Jerawat: Biasanya muncul pada

trimester akhir karena perubahan hormon estrogen. Pemberian salep antibiotik topikal dapat dipertimbangkan, namun pengobatan yang paling baik adalah pengaturan diet, seperti perbanyak minum air putih, buah dan sayur, dan hindari stress.

Hindari : • Salicylic Acid (BHA) terdapat dalam produk anti jerawat, dapat berupa krim bahkan sabun. Walaupun pemakaian dalam konsentrasi kurang dari 2% dikategorikan aman, tapi sebaiknya pilih yang benar-benar aman • Retinoid merupakan turunan dari vitamin A yang mempercepat pergantian (regenerasi) sel. Penggunaan retinoid dapat menyebabkan cacat pada janin. • Benzoil Peroxyde dapat diserap melalui kulit sekitar 5% pada pemberian topikal (oles).

Saran: • Sulfur sejauh ini tidak menunjukkan adanya efek terhadap janin.

• Resorcinol sebenarnya dapat

diserap oleh kulit, tetapi sejauh ini dilaporkan tidak adanya efek pada janin.

4

Istirahat yang cukup, minimal 6-8 jam per hari. Saat beristirahat itulah sel-sel kulit bekerja untuk memperbarui sel kulit lama yang sudah mati.

5

Wanita hamil dan ibu menyusui juga perlu berolahraga agar sirkulasi darah tetap terjaga. Olahraga yang dilakukan misalnya senam atau jalan santai.

6 7

Jaga kebersihan tubuh dengan mandi minimal 2 kali sehari. Gunakan tabir surya untuk menghindari sinar matahari. Hal ini akan mengurangi ‘topeng’ wajah. Usapkan tabir surya 30 menit sebelum keluar rumah dan oleskan 3-4 jam sekali.

8

Gunakan penutup fisik, seperti baju lengan panjang, topi, atau paying, untuk menahan efek sinar matahari yang buruk bagi kulit.

9

Gunakan pelembab pada daerah lipatan kulit, seperti perut, bokong, dan paha. Pelembab dapat juga diganti dengan minyak zaitun yang mengandung nutrisi bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.


r u a n g

kehamilan & menyusui

“Dok, saya kan berpostur pendek. Saya dengar dan baca dari internet, katanya tidak bisa melahirkan normal dan harus dioperasi.�

K

alimat diatas mungkin sudah sering Anda dengar dari cerita teman-teman Anda saat konsultasi ke dokter, atau bahkan mungkin ini pertanyaan yang Anda ajukan saat konsultasi ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Pada umumnya, ibu hamil yang berpostur pendek memiliki proporsi dan ukuran tulang yang berbeda, misalnya pada proporsi, ukuran, dan bentuk tulang panggul. Pada perempuan dengan postur pendek, biasanya ditemukan pula struktur tulang pinggul yang lebih sempit dan ukuran yang lebih kecil. Hal ini kemungkinan memang akan mempersulit proses kelahiran bayi nanti.

us

Catatan Khus

Bagi

Ibu Hamil

dr. Ghaisani Fadiana

Berpostu r Pendek

www.anakku.net September 2011,

31


r u a n g

kehamilan & menyusui Sebuah penelitian di Denmark mengemukakan bahwa kemungkinan operasi Caesar pada ibu hamil berpostur pendek lebih tinggi tiga kali lipat bila dibandingkan dengan ibu dengan postur normal.

Namun demikian, bagi ibu hamil yang berpostur pendek sebaiknya tidak perlu khawatir.

Hal-hal yang teru tama perlu dilakukan adalah: Normal Stature

Short Stature

Gambar Perbandingan bentuk tulang pinggul pada ibu hamil normal dengan yang berpostur pendek.

Selain itu, ditemukan pula bahwa kemungkinan terjadinya kelainan janin dan diabetes melitus gestasional pada ibu hamil berpostur pendek lebih besar dibandingkan ibu yang tidak berpostur pendek.

Referensi : in Developing Mother and Child Health Ox ford Jour nals. Prac tical Countries of shor t stature and ra AS. Combined effect Sichieri R, Silva CV, Mou ht gain during weig and x inde s mas body socioeconomic status on Biol Res 2003;10:36 Med J Braz en. wom ilian reproductive age in Braz Short stature sen KB, Hyidman L, et al. Kappel B, Erik sen G, Han risk factor. Acta Obs tet ical tetr obs An en. in Scandinavian wom 2):153-8. Gynecol Scand. 1987;66(

32

September 2011 www.anakku.net,

1 2 3

Mencuku pi nu trisi yang dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang janin secara optimal. Lakukan ku nju ngan sec ara teratu r ke bidan atau dokter spesialis

kandungan dan kebidanan. Tanyakan tentang cara persalinan yang tepat nantinya.

Waspadai tanda-tanda persalinan, jika kehamilan sudah

mendekati usia untuk persalinan. Segera bawa ke rumah sakit atau pusat pelayanan kesehatan yang memiliki fasilitas untuk persalinan yang memadai.


r u a n g

kehamilan & menyusui

Keunggulan

Nutrisi ASI dr. Ghaisani Fadiana

Air susu ibu atau ASI merupakan sumber gizi utama bayi yang kandungan nutrisinya tak tertandingi. Jadi, jangan biarkan buah hati Anda melewatkannya.

P

roses pembentukan ASI atau yang disebut dengan laktogenesis terjadi pada pertengahan masa kehamilan. Pada masa ini, kelenjar payudara mulai memproduksi air susu ditandai dengan meningkatnya konsentrasi laktosa, protein total, dan imunoglobulin. Saat proses kelahiran, jumlah ASI yang dihasilkan meningkat menjadi lebih banyak, Produksi ASI utamanya dipengaruhi oleh dua hormon, yaitu prolaktin dan oksitosin. Prolaktin berfungsi untuk menstimulasi sel epitel kelenjar payudara untuk mensintesis ASI. Sedangkan oksitosin berfungsi untuk menstimulasi pengeluaran ASI, di mana oksitosin dilepaskan di dalam tubuh karena adanya rangsang isapan dari bayi. Oleh karena itu, rangsang isapan bayi terus menerus saat masa menyusui memiliki peran penting untuk menjaga produksi ASI.

Sesuai kebutuhan Normalnya, ASI yang diproduksi setiap harinya berjumlah sekitar 800 ml. Jumlah ASI yang sebenarnya tentu saja tetap bergantung pada kebutuhan bayi. Dalam penelitian dikatakan, kecepatan produksi ASI berhubungan dengan seberapa kosong/penuh payudara ibu. Ini berarti, semakin kosong payudara ibu, semakin cepat ASI diproduksi, bila dibandingkan dengan payudara yang tidak disusui.

www.anakku.net September 2011,

33


r u a n g

kehamilan & menyusui Produksi ASI juga dipengaruhi oleh keadaan ibu. Kelelahan dan tekanan psikologis akan menyebabkan produksi ASI menjadi berkurang. Oleh karena itu, tidak salah jika dikatakan bahwa ibu harus dalam keadaan senang, bahagia, dan tidak lelah saat memberikan ASI. Relaksasi merupakan kunci utama keberhasilan dalam menyusui. ASI merupakan cairan unik,yang spesifik, mengandung nutrisi lengkap dan kandungan faktor pertumbuhan dan imonologis yang unggul. ASI dikatakan unik karena komposisinya berubah sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak.

Mengurai nutrisi ASI Setiap kali bayi menyusu, ASI yang keluar dibagi menjadi 2 bagian, yaitu ASI yang pertama keluar (fore milk) dan ASI terakhir (hind milk). Hind milk memiliki kandungan lemak yang lebih banyak. Oleh karena itu, penting bagi bayi untuk menyusu sampai payudara terasa kosong atau sampai bayi yang melepaskan dari puting susu ibunya.

ASI memiliki kandungan nutrisi yang cukup dan paling unggul untuk tumbuh kembang bayi. Kandungan nutrisi tersebut adalah: a. ASI memiliki kandungan protein (terutama alfa-laktalbumin), karbohidrat (laktosa), mineral, dan vitamin yang cukup.

b. Lemak yang terkandung dalam ASI terdapat dalam bentuk kolesterol, trigliserida, asam lemak rantai pendek, dan asam lemak

tidak jenuh rantai panjang. Asam lemak tidak jenuh rantai panjang ini sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan retina. Asam lemak ini juga terdiri dari omega 6 dan omega 3, terutama arachinoid acid (AA) dan docosahexaenoic acid (DHA), yang sangat penting dalam perkembangan saraf di hari-hari pertama kehidupan anak.

Dalam sebuah penelitian didapatkan bahwa bayi yang mendapatkan ASI memperlihatkan ketajaman visual yang lebih baik pada usia 4 tahun dan perkembangan kognitif yang lebih baik dibanding bayi yang mendapatkan susu formula.

c. Imunoglobulin. ASI mengandung semua jenis antibodi yang penting, yaitu immunoglobulin M, A, D, G, dan E. Imunoglobulin A (IgA) merupakan salah satu antibodi protektif yang sangat penting dalam mencegah infeksi, khususnya pada saluran pencernaan bayi.

d. Faktor imunologis lainnya. ASI memiliki beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kandungan mikroflora pada usus bayi. Faktor-faktor ini akan meningkatkan kolonisasi bakteri baik sehingga menghambat pertumbuhan bakteri yang merugikan. Faktor-faktor tersebut diantaranya:

a. Laktoferin, yang berfungsi untuk mengikat besi sehingga tidak dapat menjadi ‘makanan’ untuk bakteri b. Lisozim, yang berfungsi meningkatkan IgA sehingga dapat mencegah infeksi bakteri c. Oligosakarida, yang berfungsi menghambat pertumbuhan bakteri d. Lipid, yang berfungsi menghancurkan membran sel virus e. Musin, yang berfungsi mengeluarkan bakteri dan virus dari dalam tubuh

e. Leukosit yang terkandung dalam ASI bermanfaat dalam eliminasi mikroorganisme dari dalam tubuh bayi.

f. ASI mengandung berbagai macam faktor pertumbuhan,

diantaranya epidermal growth factor (EGF), nerve growth factor (NGF), dan insulin-like growth factor (IGF). Faktor-faktor ini yang bermanfaat dalam pematangan saluran pencernaan bayi dan pertumbuhannya.

Referensi :

34

September 2011 www.anakku.net,

1.

Lawrence R, Lawrence RM. Breastfeeding. A Guide for the Medical Profession. 5th ed. St. Louis, MO: Mosby-Year Book, Inc; 2005.

2.

AAP,. ACOG. In: Breastfeeding Handbook for Physicians. 2006

3.

Gartner LM, Morton J, Lawrence RA, et al. Breastfeeding and the use of human milk. Pediatrics. Feb 2005;115(2):496-50


r u a n g

kehamilan & menyusui

www.anakku.net September 2011,

35


a r t i s

a n a k k u

S

etelah memiliki seorang anak, Nova Eliza bintang film “Susahnya Jadi Perawan” dan “Rindu Kami PadaMu” ini tetap menjaga kesehatan dan kelangsingan tubuhnya. Bahkan, tubuhnya kini terlihat lebih ramping dan seksi, wajahnya pun terlihat lebih segar dan fresh. Jauh berbeda saat baru melahirkan anak pertamanya Naima Malika 26 Desember 2008 dari perkawinannya dengan sutradara film Mirwan Suwarso. Apa rahasianya? Saat ditemui dirumahnya di bilangan Pejaten, sambil bercengkerama dengan buah hatinya. Nova bercerita kalau untuk mendapatkan bobot tubuh ideal ia harus berjuang menurunkan bobot tubuhnya yang melambung hingga 20 kg dengan cara Yoga seminggu 5 kali dan mengkonsumsi makan yang di rebus dan tak lupa perbanyak minum air putih. “Kalau sekarang aku dikatakan lebih seksi, itu karena aku memiliki pusat kebugaran Bodylicious dan mengajar yoga, pilates, dan body shape. Otomatis badan instruktur harus bagus,” ujar Nova yang sedang mempersiapkan membuka bisnis rumah makan.

Nova Eliza

Sebisa Mungkin Jangan Mal

Urus anak dan bekerja

Menikah dan memiliki anak, membuat bintang sinetron dan film Nova Eliza memiliki dunia baru yang sangat dinikmatinya.

Setelah menikah dan memiliki momongan ibu muda ini mengaku lebih fokus mengurus anaknya. Meski begitu Nova tak ingin meninggalkan dunia seni. “Aku masih suka kangen dengan dunia akting yang membesarkanku, awal melahirkan aku memang sengaja ingin berhenti dari dunia hiburan untuk sementara dengan mengurus anak sendiri, tapi sekarang kan usia Naima sudah 3 tahun. Aku mulai cari kesibukan, yang penting bagaimana kita pintar membagi waktu antara anak, suami, dan pekerjaan,” terang wanita yang memberikan ASI selama 10 bulan ini.

Agar sang buah hati itu tidak terlalu kehilangan dirinya saat harus di luar rumah, Nova punya cara tersendiri, “Saat aku syuting aku minta orang rumah bikin Naima sibuk dengan berbagai kegiatan, seperti berenang ataupun ke playground jadi pas aku syuting dia tidak rewel dan mencari mamanya. Sore sehabis tidur siang baru aku telepon. Aku berusaha tidak pulang larut supaya bisa menidurkan Naima,” kata istri Mirwan Suwarso ini.

Tak heran bila wanita berdarah Aceh yang mengawali karir di dunia model ini sangat memperhatikan perkembangan putrinya dan menikmati peran barunya sebagai ibu.

Jika bebas syuting dan mengajar yoga, seharian Nova akan bermain bersama Naima. Mengajari putri kecilnya bernyanyi, mengambar, dan berbahasa Inggris.

36

September 2011 www.anakku.net,


a r t i s

a n a k k u

www.anakku.net September 2011,

37


a r t i s

a n a k k u bekal Naima ke sekolah. Kebetulan anakku sangat suka kentang rebus, kentang goreng, telur rebus, pepaya, alpukat, jadi biasanya menu itu harus selalu ada,” katanya. Kebersihan dan kesehatan merupakan dua kata kunci yang selalu dijaga wanita pengemar beras merah ini. ”Aku paling sedih kalau Naima sakit, dulu pernah sakit flu Singapura. Aku sempat panik dan bingung melihat tangan dan kakinya merah-merah dan mulutnya penuh sariawan. Untunglah ibu mertuaku cepat tanggap dan langsung menyuruh aku membawa ke dokter. Kalau sekarang setiap pulang dari mana pun, aku membiasakan anak untuk mencuci tangan dan kakinya. Kalau ada teman sakit flu aku meminta Naima dan pengasuhnya untuk tidak telalu dekat bermain, takut tertular lagi,” jelas Nova menutup obrolan.

“Sedangkan kalau jalan-jalan kami senang mengajak anak melihat ‘dunia’ misalnya ke kebun binatang ragunan, taman mini, museum, sebisa mungkin kami menghindari mal.”

Memasak untuk Naima

Beruntung Nova tak memiliki anak yang picky eater. Ia tak perlu harus bersusah payah memberi makanan bergizi untuk putri ciliknya. “Alhamdulillah Naima cukup mudah diajak makan asal tahu triknya. Misalnya kalau jam makan jangan memberinya cemilan yang manis-manis, biar makannya nanti lahap.“ Nova biasa turun tangan sendiri membuat masakan untuk putrinya. “ Biasanya aku selalu memasak untuk Naima, jadi menu dan kebersihannya lebih terjaga. Tapi kalau sedang ada kerjan, pagi-pagi sekali aku terpaksa briefing si mbak, minta masak apa saja untuk

38

September 2011 www.anakku.net,


r u a n g

DIFFANIA

a

n

a

k

40 Minyak telon, sahabat bayi 43 Merawat rambut bayi 46 Agar si kecil tak sulit makan www.anakku.net September 2011,

39


r u a n g

a

n

a

k

“Sudah mandi? Jangan lupa pakai minyak telon, supaya hangat dan harum.� Kalimat ini merupakan anjuran yang kerap kita dengar saat sedang memandikan si buah hati.

Sebetulnya, apa itu minyak telon?? Minyak telon (dari bahasa Jawa telu, tiga) merupakan minyak yang sering dibalurkan pada tubuh bayi yang merupakan campuran minyak kayu putih (oleum cajuputi), minyak adas (oleum foeniculi), dan minyak kelapa (oleum cocos) dalam kadar yang bervariasi. Komposisi yang biasa dipakai ialah 3:3:4. Beberapa produsen masa kini mengubah komposisi (misalnya menjadi 2:2:6), menambah komponen lain sebagai campuran, misalnya lavender, atau mengganti minyak kelapa dengan minyak lain, seperti minyak zaitun. Campuran ini memberikan rasa hangat karena merangsang pelebaran pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. Minyak kelapa berfungsi sebagai pelarut dan berguna untuk menghasilkan campuran yang lebih lembut. Minyak kayu putih sebagai penghangat. Minyak

40

September 2011 www.anakku.net,

Minyak Telon, Sahabat Bayi Dr. Ari Muhandari Ardhie, SpKK Klinik Kulit dan Kelamin RSAB Harapan Kita, Jakarta.

adas mempunyai khasiat anti kembung. Adas juga dapat merangsang syaraf dan menjadikan kerja pencernaan lebih aktif. Kedua jenis minyak terakhir termasuk minyak yang mudah menguap. Aromanya juga dapat memberikan rasa tenang. Minyak telon dipakai dengan cara dioleskan di kulit. Penggunaannya sudah menjadi kebiasaan turun menurun di kalangan masyarakat kita.

Kenapa minyak telon? Secara umum, setiap individu termasuk bayi, perlu tenaga. Sebagian tenaga digunakan untuk kebutuhan aktivitas sehari-hari, sebagian yang lain untuk mengatur suhu badan dan atau untuk pertumbuhan.


r u a n g

a

n

www.anakku.net September 2011,

a

k

41


r u a n g

a n a k Suhu tubuh bayi yang normal berkisar antara 34-35 derajat Celcius. Seperti diketahui, fungsi pengaturan suhu badan pada bayi (apalagi bayi yang lahir prematur) belum sesempurna orang dewasa. Oleh karena itu, bayi harus dilindungi dari kedinginan karena tubuhnya masih sangat rentan. Dikhawatirkan, jika bayi kedinginan, maka tenaganya akan banyak dipakai untuk melawan rasa dingin. Tenaga yang sebetulnya bisa digunakan untuk pertumbuhan akan diambil dan dikuras demi menghangatkan badannya. Minyak telon biasanya dioleskan ke tubuh bayi sehabis mandi, baik pagi maupun sore. Hal ini karena meski pun bayi mandi memakai air hangat, ia akan merasa kedinginan ketika diangkat dari bak mandi. Pada waktu itulah bayi memerlukan penghangat untuk mengatasi rasa dinginnya. Dipilih minyak telon karena merupakan campuran yang relatif lebih lembut, dibanding minyak penghangat lainnya misal minyak kayu putih. Minyak kayu putih, terlalu keras untuk kulit bayi yang masih sensitif. Berbeda dengan anak yang sudah lebih kuat, bisa diberikan minyak kayu putih.

Apakah bayi harus pakai minyak telon? Kendati sudah menjadi kebiasaan, pemakaian minyak telon kadang menimbulkan pertanyaan dan pro-kontra. Menilik bahwa ini merupakan kebiasaan, tentu manfaatnya jelas ada. Namun, tak bisa dipungkiri efek negatifnya pun harus diwaspadai. Hal ini karena ada beberapa bayi yang kulitnya sangat sensitif. Khususnya anak yang berbakat atopik. Meskipun diberi minyak telon yang relatif lembut pun, kulitnya tetap tak tahan. Hal ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit yang ditandai dengan bercak kemerahan, kulit kering sampai mengelupas.

Boleh tidak bila diminumkan saat bayi kembung? Ada orang tua yang memberi minum bayinya beberapa tetes minyak telon saat dianggap bayinya “masuk angin”. Sebetulnya istilah masuk angin menggambarkan terjadinya kembung akibat gangguan pencernaan. Memang selain sebagai penghangat, minyak telon juga berkhasiat meredakan kembung. Namun perlu diingat bahwa minyak telon tergolong obat luar, bukan obat untuk diminum. Cara diminumkan sangat tidak dianjurkan. Karena dikhawatirkan akan memicu iritasi di “dalam” sehingga bayi justru mengalami diare.

Tips  Pakai minyak telon seperlunya, jangan berlebihan. Cukup 1-2 tetes saja, oles di sekitar pusar.  Hindari pemakaiannya pada anak yang berbakat atopik atau sensitif.  Jika terjadi iritasi, segera hentikan kontak dengan minyak telon dan konsulkan ke dokter. Bila dinilai perlu, dokter akan memberikan obat atau salep.

Referensi Minyak telon. Diunduh dari http://id.wikipedia.org/wiki/Minyak_telon, Juni 2008. Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia. Kulit bayi & Anak. Cara Perawatan serta Masalah yang Sering Dijumpai. Jakarta, Badan Penerbit FKUI, 2011.

42

September 2011 www.anakku.net,


r u a n g

a

n

a

k

Merawat Rambut Bayi Dr. Ari Muhandari Ardhie, SpKK RSIB Harapan Kita

Sebagian bayi lahir dengan rambut lebat, meski ada juga yang rambutnya jarang dan tipis. Kulit bayi, termasuk rambutnya harus selalu dijaga kebersihannya agar selalu sehat sehingga dapat berfungsi sempurna.

S

alah satu kegiatan sehari-hari yang dilakukan dalam merawat rambut bayi adalah memberinya sampo. Kegiatan memandikan bayi sebetulnya juga merupakan salah satu cara mempererat hubungan ibu dan anak. Oleh karena itu, kegiatan ini sebaiknya dilakukan dengan santai dan suasana gembira.

Persiapkan dengan baik ďƒş pastikan suhu ruangan dan air yang akan dipakai, cukup hangat. ďƒş demi keamanan bayi, jangan pernah meninggalkan bayi sendirian di bak atau ember mandi meskipun airnya sedikit. ďƒş pastikan segala keperluan (kapas, sabun, waslap, handuk, termasuk sampo) sudah disiapkan di tempat yang mudah dijangkau.

www.anakku.net September 2011,

43


r u a n g

a

n

a

k

Memilih sampo Sampo terdiri atas bahan aktif sebagai bahan utama dan bahan tambahan berupa pelembut, pembentuk busa dan pengental agar sampo tidak terlalu mudah mengalir. Kadang ditambahkan bahan pengeruh agar sampo menjadi opak (tidak tembus pandang). Ada berbagai macam sampo antara lain sampo dasar, sampo dengan pelembut (conditioner), sampo medik dan sampo bayi. 1. Sampo dasar dibuat disesuaikan dengan jenis rambut, yakni rambut normal, kering dan berminyak. 2. Sampo dengan pelembut diberi tambahan bahan yang mampu melembutkan rambut sehingga tidak kusut dan mudah disisir. Dulu antara sampo dan conditioner ini selalu dipisah. Sekarang cenderung digabung dengan istilah 2 in 1, atau 3 in 1 (bila ditambah dengan bahan lain misalnya vitamin). 3. Sampo medik ialah sampo yang diberi tambahan bahan aktif lain misalnya sulfur, ter, seng pirition dsb, sebagai bahan antiketombe. 4. Sedangkan sampo bayi ialah sampo yang disyaratkan menggunakan bahan-bahan yang tidak bersifat iritan sehingga tidak pedih bila terkena mata. Itu sebabnya, oleh salah satu produsennya, sampo bayi diiklankan dengan moto ‘no more tears’. Selain itu, sampo bayi umumnya transparan karena tidak memakai bahan pengeruh.

Perhatikan pemakaiannya Dalam kondisi normal, sampo cukup dipakai 2-3 kali seminggu. Apalagi umumnya kulit bayi umumnya relatif lebih bersih dan tidak berminyak. Tetapi, karena sifat bahan pembentuknya yang relatif aman, sampo bayi boleh digunakan setiap hari.

Tips perawatan rambut dan kulit kepala  Perawatan rambut (dan kulit kepala) dan kuku, merupakan bagian dari perawatan kulit bayi secara keseluruhan, yang harus dilaksanakan secara teratur, kontinyu dan sedari dini.  Tujuan perawatan agar rambut dapat tumbuh sehat dan berkilau sepanjang usia.  Pilih produk yang sesuai dengan usia, untuk mengurangi risiko reaksi yang tidak diinginkan.  Usahakan membeli produk di tempat yang relatif dapat dipercaya keamanannya. Terutama perhatikan kondisi kemasan produk yang anda beli.  Bila sampo telah habis digunakan, ada baiknya untuk ‘mengguting’ kemasan sebelum dibuang, agar tidak disalah gunakan. Referensi: 1. 2. 3.

44

September 2011 www.anakku.net,

Soepardiman L. Kiat memilih kosmetik yang aman untuk bayi dan balita. Perawatan Kulit pada Bayi dan Balita. Sehat di millennium III. Jakarta, Balai Penerbit FKUI, 2000. Wasitaatmadja S. Penuntun Ilmu Kosmetik Medik. Jakarta, UI-PRESS, 1997. Bathing and Skin Care. Proper bathing and skin care for your newborn. http://www. baptisthealth.net/greystone/content.jsp?pageid=P02628


r u a n g

a

n

www.anakku.net September 2011,

a

k

45


r u a n g

a

n

a

k

Agar SI Kecil

Tak Sulit

Makan

Dr. Endang Tatar, MPH, SpA(K) Divisi Nutrisi dan Penyakit Metabolik RS Dr, Muwardi Surakarta

Lebih dari 50% ibu yang datang ke klinik mengeluhkan anaknya sulit makan. Sulit makan merupakan sesuatu yang menyedihkan dan dapat membuat ketegangan tersendiri.

D

alam praktek pemberian makan, banyak ibu yang terlalu bernapsu untuk dapat memberikan makan kepada anaknya. Ibu sering lupa bahwa anak bukanlah sebuah obyek benda mati yang bisa diatur semau kita. Anak mempunyai respons, sehingga berinteraksi dengan lingkungannya. Bila anak menolak makan dan berat badan semakin menurun, ibu sering beranggapan bahwa solusinya adalah dengan memberikan makan sedikit demi sedikit tapi sering. Logikanya hal itu adalah benar. Dengan memberikan makan sedikit demi sedikit kemungkinan anak akan mau makan dan dengan memberikannya lebih sering anak akan mendapatkan sejumlah makanan yang dikehendaki ibu sesuai target. Tetapi, benarkah anak bisa ditarget demikian dan praktek pemberian makan seperti itu bisa berdampak positif terhadap napsu makan anak?

Usia pemberian makan padat yang tepat Usia 6 bulan adalah usia yang tepat untuk mengenalkan makanan padat pada si kecil. Bila terlambat, si kecil bisa gagal untuk mendapatkan keterampilan makan. Dalam perkembangan selanjutnya, si kecil bisa menjadi anak yang dianggap susah makan. Secara alamiah, anak berumur 6 bulan sudah siap untuk mendapatkan makanan padat. Keterampilan motorik oralnya harus dilatih mulai dari dikenalkan makanan dengan tekstur lembut secara bertahap ditingkatkan teksturnya sehingga pada usia 1 tahun sudah terampil untuk mendapatkan makanan keluarga. Setelah si kecil berusia 6 bulan, jangan tunda pemberian makan padatnya.

46

September 2011 www.anakku.net,


r u a n g

a

n

www.anakku.net September 2011,

a

k

47


r u a n g

a

n

a

k

Atur regulasi makan Si kecil harus dilatih meregulasi kebutuhan makannya secara teratur. Buatlah jadwal pemberian makan secara teratur dalam setiap harinya agar si kecil mengenal rasa lapar dan rasa kenyang secara periodik. Rasa kenyang maupun rasa lapar ini bisa dilatih.

Berikan makan saat lapar Kesalahan yang sering dilakukan orang tahu adalah bahwa orang tua sering lupa. Orang tua menganggap bahwa anak bagaikan obyek sebuah mesin. Setelah diberi minum kemudian anak diberi makan. Apalagi bila ibu ingin segera bekerja. Setelah minum manis, si kecil akan merasa kenyang. Lambung si kecil butuh waktu 2 jam untuk mengosongkannya. Si kecil akan cenderung menolak makan pada keadaan masih kenyang sehabis minum susu. Berikan makan selagi si kecil lapar. Jangan diberi minum susu atau minuman manis lainya maupun camilan selama paling sedikit 3 jam sebelum jam makan.

trauma terhadap proses makan itu sendiri. Makan menjadi sesuatu hal yang tidak menyenangkan dan bukan sebuah kebutuhan. Anak harus diajarkan proses makan yang benar. Makan harus kurang dari 30 menit. Bila si kecil sudah mulai menolak, pemberian makan harus dihentikan. Anak tidak boleh dipaksa makan. Makan harus menjadi suatu kebutuhan yang menyenangkan.

Ikuti kemauan dan kemampuan si kecil Agar tidak menjadi sebuah ketegangan dalam memberi makan pada si kecil, sebaiknya porsi makan tidak perlu ditarget. Ikuti kemauan dan kemampuan si kecil. Membuat target porsi akan memberikan dampak interaksi pada si kecil dan si pemberi makan menjadi tidak menyenangkam; anak sudah menolak makan tetapi ibu tetap memaksakan si kecil untuk menerimanya. Selanjutnya, anak akan menganggap bahwa proses makan adalah sesuatu yang menegangkan dan si kecil akan

berinteraksi yang tidak menyenangkan dalam menerima makanan.

Hindari distraktor selagi si kecil makan Selagi si kecil makan, konsentrasikan pada proses makan. Si kecil sebaiknya tidak didampingi dengan tontonan TV atau semacamnya. Selain TV, si kecil juga tidak perlu diberi mainan selagi makan. Si kecil harus diajarkan mempunyai rasa kenyang selagi makan.

Atur jadwal makan secara teratur Bila anak gagal pada pemberian makan sebelumnya, berikan makan pada saat jam pemberian makan berikutnya sesuai jadwal. Akhir dari proses belajar makan adalah tercapainya jadwal makan secara teratur dalam sehari. Tujuan akhir, seorang anak harus mampu makan sehari 3 kali dengan 2 kali makanan selingan secara teratur. Jarak kedua proses makan paling tidak adalah 3 jam.

Sediakan si kecil mulai dari porsi kecil Saat memberikan makan pada anak, mulailah pemberian makan dengan porsi kecil agar si kecil tertarik dan mudah meng- habiskannya. Kemudian, tingkatkan porsi secara bertahap sesuai kemauan si kecil. Cara ini akan membuat makan merupakan hal yang menyenangkan bagi si kecil.

Berikan makan selama kurang dari 30 menit Tidak jarang para ibu memberikan makan anak selama lebih dari 1 jam. Kalau tidak demikian, katanya si kecil menjadi tidak makan. Memberikan makan secara lama bahkan akan membuat anak

48

September 2011 www.anakku.net,

Referensi : 1. AAP (2010) . Starting solids. 2. Chatoor I. Diagnosis and treatment of feeding disorders, in infant, toddlers, and young children. Washington DC : Zero to three; 2009.


r u a n g

a

S

ebetulnya semua makanan dapat menimbulkan reaksi alergi, akan tetapi antara satu makanan dengan makanan lain memiliki derajat alergenitas yang tidak sama. Di Poliklinik Alergi Imunologi Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI/RSCM, dari hasil uji klinik terhadap 69 penderita asma alergik didapatkan 45,31% positif terhadap kepiting, 37,53% terhadap udang kecil, dan 26,56% terhadap coklat. Dari seluruh anak penderita alergi sekitar 2,4% adalah alergi terhadap susu sapi.

Jenis makanan penyebab alergi

Beberapa jenis makanan yang dapat menimbulkan alergi pada anak dapat digolongkan berdasarkan kekerapannya.

Makanan yang paling sering menimbulkan alergi: susu sapi/kambing, telur, kacang-kacangan, ikan laut, kedelai, serta gandum.

Susu sapi

Protein susu sapi merupakan protein asing yang pertama kali dikenal oleh bayi. Susu sapi sedikitnya mengandung 20 komponen protein yang dapat merangsang pembentukan antibody pada manusia. Fraksi protein susu sapi terdiri dari protein casein dan whey. Beberapa protein whey dapat didenaturasi dengan pemanasan yang ekstensif. Akan tetapi pada tindakan pasteurisasi rutin tidak cukup

n

a

k

Kenali Makanan

Pemicu Alergi Dr. dr. Zakiudin Munasir, SpA(K) Divisi Alergi-Imunologi Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI/RSCM Jakarta

Sekitar 20% anak dalam 1 tahun pertama pernah mengalami reaksi terhadap makanan yang diberikan (adverse reactions), termasuk yang disebabkan oleh reaksi alergi.

www.anakku.net September 2011,

49


r u a n g

a

n

a

k

untuk menimbulkan denaturasi protein ini, dan bahkan dapat meningkatkan sifat alergenitas beberapa jenis protein susu, seperti beta lacto globulin. Protein susu sapi dapat menimbulkan alergi, baik dalam bentuk susu murni atau bentuk lain, seperti es krim, keju atau kue. Gejala awal yang muncul biasanya pada saluran cerna (diare dan muntah).

Telur ayam

Merupakan alergen yang penting pada anak, terutama anak yang menderita dermatitis atopik. Kuning telur dianggap kurang alergenik dibanding putih telur. Putih telur mengandung sekitar 23 glikoprotein dan yang merupakan alergen utama adalah ovalbumin, ovomucoid, dan ovotransferrin. Anak yang alergi telur belum tentu alergi terhadap daging ayam.

Kacang-kacangan

Kacang tanah, kacang mede dan sejenisnya dapat menyebabkan reaksi alergi, tetapi biasana bersifat ringan. Gejalanya biasanya berupa gatal-gatal di tenggorokan. Namun di AS alergi kacang bisa menyebabkan kematian karena anafilaksis (sesak napas yang hebat).

Ikan

Ikan merupakan allergen yang kuat, terutama ikan laut. Bentuk reaksi alergi berupa urtikaria (biduran) atau asma. Bahkan pada anak yang sensitif, dengan hanya mencium bau ikan yang sedang dimasak, menimbulkan reaksi bersin atau sesak napas. Hidangan laut lain yang kerap menimbulkan alergi antara lain udang dan kepiting. Gejala yang sering muncul akibat alergi hidangan laut adalah gatal-gatal disertai kulit kemerahan.

Gandum

Biasanya dapat menimbulkan reaksi alergi dalam bentuk tepung bila dihirup (baker’s asthma), Bila dimakan tidak selalu menimbulkan alergi karena gandum dicerna oleh enzim pencernaan.

Makanan yang relatif jarang menimbulkan alergi : Yang termasuk golongan makanan ini antara lain

daging (ayam, sapi, babi), kentang, nasi, jagung, coklat, jeruk, serta bahan aditif makanan.

Reaksi alergi terhadap buah-buahan seperti jeruk, tomat, apel relatif sering tetapi sebagian besar mulai muncul di usia 15 bulan lebih. Gejalanya berupa rasa gatal di mulut. Jeruk dapat menyebabkan gatal serta kemerahan pada kulit bayi. Sifat alergen pada buah dan sayur dapat berkurang bila disimpan dalam freezer selama 2 minggu atau dimasak selama 2 menit.

50

September 2011 www.anakku.net,

Bahan aditif makanan

Bahan tambahan pada makanan seringkali menyebabkan alergi, sehingga sering rancu dengan bahan makanan aslinya. Bahan aditif dimaksud adalah bumbu rempah asli, dan bahan sintetis seperti bahan pengawet, pewarna makanan, serta penyedap masakan. Bahan pengawet yang sering menimbulkan reaksi alergi adalah asam benzoat, sedangkan bahan pewarna adalah tartrazine, sedangkan bahan penambah rasa adalah monosodium glutamate (MSG), yang sering disebut sebagai gejala Chinese Restaurant Syndrome.

Pengobatan dan pencegahan alergi makanan

Pengobatan yang paling penting pada alergi makanan adalah eliminasi terhadap makanan yang bersifat alergen. Eliminasi yang ketat pada sejumlah besar jenis makanan dalam jangka lama dapat menyebabkan malnutrisi atau kesulitan makan pada anak.

Pencegahan

Primer: sebelum terjadi sensitisasi, yakni dengan melakukan diet penghindaran makanan hiperalergenik sejak trimester kehamilan. Sekunder: sudah terjadi sensitisasi tetapi belum terjadi penyakit alergi. Langkah yang diambil adalah menghindari jenis makanan yang menyebabkan alergi. Tersier: sudah terjadi penyakait alergi misalnya dermatitis tetapi belum terjadi penyakit alergi lain. Biasanya ditambah dengan obat. Umumnya sebagian besar penderita alergi makanan akan kehilangan reaktivitas terhadap jenis makanan sejalan dengan bertambahnya usia.


r u a n g

a

n

www.anakku.net September 2011,

a

k

51


r u a n g

a

n

a

k

Kok.. Punggungnya Melengkung? Secara normal tulang belakang jika dilihat dari belakang akan tampak lurus. Lain halnya pada tulang belakang penderita lordosis, akan tampak bengkok terutama di punggung bagian bawah.

G

ejala yang timbul akibat lordosis berbeda-beda untuk tiap orang. Gejala lordosis yang paling sering adalah penonjolan bokong. Gejala lain bervariasi sesuai dengan gangguan lain yang menyertainya seperti distrofi muskuler, gangguan perkembangan paha, dan gangguan neuromuskuler. Nyeri pinggang, nyeri yang menjalar ke tungkai, dan perubahan pola buang air besar dan buang air kecil dapat terjadi pada lordosis, meskipun jarang. Jika terjadi gejala ini, dibutuhkan pemeriksaan lanjut oleh dokter.

Apa penyebab lordosis?

Penyebab lordosis belum diketahui. Namun, lordosis dapat berhubungan dengan sikap tubuh yang buruk, masalah bawaan (sudah ada sejak lahir) dengan vertebra (tulang belakang), masalah saraf otot, punggung operasi, atau masalah pinggul.

Apa saja gejala lordosis?

Setiap anak mungkin mengalami gejala yang berbeda. Fitur klinis utama dari lordosis adalah tonjolan dari bokong. Gejala akan bervariasi tergantung jika lordosis terjadi disertai dengan cacat lainnya, seperti distrofi otot, displasia pinggul perkembangan, atau gangguan neuromuskular. Nyeri punggung, nyeri di kaki, dan perubahan kebiasaan buang air besar dan kandung kemih umumnya tidak terkait dengan lordosis.

52

September 2011 www.anakku.net,


r u a n g

a

n

www.anakku.net September 2011,

a

k

53


r u a n g

a

n

a

k

Seorang anak mengalami gejala jenis ini memerlukan evaluasi medis lebih lanjut oleh dokter. Selain itu, gejala lordosis juga seringkali menyerupai gejala gangguan atau deformitas tulang belakang lainnya, atau dapat diakibatkan oleh infeksi atau cedera tulang belakang

Bagaimana lordosis didiagnosis?

Dokter membuat diagnosis lordosis dengan riwayat medis lengkap anak, pemeriksaan fisik, dan tes diagnostik. Dokter anak Anda untuk mendapatkan sejarah lengkap prenatal dan kelahiran anak dan bertanya apakah anggota keluarga lain yang dikenal memiliki lordosis. Untuk membedakan apakah penyebabnya lordosis atau yang lain, perlu dilakukan beberapa pemeriksaan seperti:

sinar X (digunakan untuk mengukur dan menilai kebengkokan, serta sudutnya)

magnetic resonance imaging (MRI)

computed tomography scan (CT Scan)

pemeriksaan darah Tujuan pengobatan lordosis - menghentikan semakin membengkoknya tulang belakang - mencegah deformitas (kelainan bentuk).

Penatalaksanaan lordosis tergantung pada penyebab lordosis. Latihan untuk memperbaiki sikap tubuh dapat dilakukan jika lordosis disebabkan oleh kelainan sikap tubuh. Misalnya bila lordosis yang terjadi akibat gangguan paha harus diobati bersama dengan gangguan paha tersebut. Deteksi dini lordosis penting untuk keberhasilan pengobatan. Libatkan beberapa pihak untuk mengetahui secara dini apakah anak mengalami lordosis.

54

September 2011 www.anakku.net,

Dokter anak atau dokter keluarga, dan bahkan beberapa program sekolah bisa saja menemukan adanya tandatanda bahwa anak lordosis.

Pengobatan lordosis

Pengobatan khusus untuk lordosis akan ditentukan oleh dokter anak Anda berdasarkan:

• usia anak Anda, kesehatan

secara keseluruhan, dan riwayat medis

• kondisi anak • toleransi Anda untuk obat tertentu, prosedur, atau terapi • harapan untuk kondisi perjalanan Tujuan pengobatan adalah untuk menghentikan perkembangan lengkungan dan mencegah deformitas. Latihan sederhana mungkin cukup jika lordosis berhubungan dengan pos-

tur yang buruk. Jika lordosis terjadi sebagai akibat dari masalah pinggul dapat diperlakukan sebagai bagian dari masalah pinggul. Manajemen lordosis bersifat individual untuk setiap anak. Tergantung pada usia, jumlah kelengkungan, dan jumlah pertumbuhan tulang yang tersisa. Lordosis akan memerlukan pemeriksaan yang sering oleh dokter anak Anda untuk memantau kelengkungannya.

Referensi: Spiegel DA, Hosalkar HS, Dormans JP. The spine. In: Kliegman RM, Behrman RE, Jenson HB, Stanton BF, eds. Nelson Textbook of Pediatrics. 18th ed. Philadelphia, Pa: Saunders Elsevier;2007:chap 678.


r u a n g

keluarga

62 66 70

Airplane Ear: Gangguan Saat Tinggal Landas Tips Mudik Bersama Si Kecil Kotak Obat, Tabungan Kesehatan Keluarga

artha www.anakku.net September 2011,

55


r u a n g

konsultasi Benarkah Si Kecil Mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian? Dr. dr. Tjhin Wiguna, SpKJ Konsultan Kesehatan Jiwa Anak

Dear Dr. Tjhin, Dok, Anak saya usia 7 tahun (kelas 2SD) memiliki kesulitan dalam berkonsentrasi di sekolah. Gurunya selalu bilang bahwa putra saya tidak bisa diam (duduk manis di kelas). Saya sih Dear Ibu Jennie Gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (GPPH) adalah gangguan yang ditandai oleh adanya ketidakmampuan anak untuk memfokuskan diri pada satu kegiatan yang membutuhkan aktivitas mental yang menetap dan bukup lama dan atau adanya perilaku hiperaktif yang timbulnya lebih sering dan lebih lama jika dibandingkan dengan anak yang mempunyai tingkat perkembangan yang setara. Kondisi tersebut tentunya menimbulkan penderitaan dan gangguan dalam fungsi sosial dan belajar bagi anak tersebut. GPPH terdiri dari dua domain gejala yaitu domain gejala inatensi seperti kesulitan untuk menyelesaikan tugas, melamun, dan kehilangan barang yang dibawa; domain lainnya adalah domain yang meliputi gejala hipeaktif-impulsif seperti, tidak dapat duduk diam, tidak sabar dalam mengerjakan tugas, selalu tampak bergerak dalam situasi yang mengharuskan anak duduk diam, dsb. Untuk mengatakan bahwa seorang anak mengalami GPPH atau bukan

maka anak tersebut harus memenuhi kriteria diagnosis yang terdapat dalam International Classification of Diseases X (ICD X). Diagnosis dari GPPH memerlukan wawancara yang mendalam terhadap orangtua dan anak, serta melakukan observasi yang seksama terhadap anak di dalam ruang pemeriksaan. Guru juga merupakan sumber informasi yang sangat diperlukan dalam memberikan gambaran perilaku anak di dalam kelas. Gangguan ini seringkali membuat anak gagal dalam sekolah sehingga perlu dicermati dengan seksama baik orangtua maupun guru serta profesional kesehatan lainnya. Dalam kasus anak Ibu, gejala ‘tidak bisa diam’ mungkin dapat disebabkan oleh berbagai kondisi lainnya, seperti ketidakmampuan kemampuan anak untuk menyerap pelajaran, situasi kelas yang tidak terorganisasi dengan baik atau mungkin memang anak Ibu mengalami GPPH. Oleh karena itu saya sarankan agar perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut agar masalah anak Ibu dapat segera teratasi dan tidak mengganggu produktivitas anak dalam belajar.

berpikirnya karena mungkin masih berorientasi ‘main’ jadi dia belum menyadari bahwa dia harus mulai ‘serius’ belajar. Namun sempat tersirat juga kekuatiran jangan-jangan anak saya memang mengalami gangguan dalam pemusatan perhatian. Apa yang harus saya lakukan Dok? Mohon saran.

Konsultasikan masalah Anda pada pakar kami. Kirimkan per tanyaan Anda ke Redaksi Anakku : Jl. Kayu Putih Selatan No. 74, Jakarta 56 September 2011 www.anakku.net, Fax : (021) 4786 4954, email : redaksi@anakku.net

Terima kasih.


r u a n g

konsultasi

Gigi Bertumpuk Drg. Wina E. Darwis, MDSc Konsultan Kesehatan Gigi

Dear Drg. Wina, Dok, putri saya (8 tahun) memiliki gigi yang bertumpuk, jadi semacam gigi tumbuh di tempat gigi yang sudah ada. Posisinya ada di taring yang kedua. Apakah jika dicabut salah satunya akan menyebabkan gangguan pada gigi lainnya? (mengingat akarnya yang berdekatan). Mohon saran harus bagaimana ya Dok? Terima kasih. Andina Toelar Bandung Dear Ibu Andina, Pertumbuhan dan perkembangan setiap orang tidak sama. Si A mungkin memiliki gigi rapi dan teratur, si B giginya gingsul, dan sebagainya. Masalah yang dialami putri ibu tergolong gangguan yang terjadi pada ukuran, bentuk, dan jumlah gigi. Gigi tumbuh di dalam gigi yang lain (dens in dente) sering terjadi pada gigi taring kedua (premolar) yang ditunjukkan dengan bercampurnya dua buah gigi premolar membentuk gigi seperti geraham. Apabila kelainan gigi tidak parah maka dokter gigi akan membentuk gigi sesuai dengan bentuk yang normal, dengan cara dikikir. Akan tetapi apabila kelainan gigi sangat parah maka dokter gigi akan mencabut gigi anak dan menggantinya dengan gigi palsu.

Saran saya sebaiknya Ibu membawa putri ibu ke dokter gigi untuk dievaluasi. Pasalnya kelainan dan gangguan pertumbuhan dan perkembangan gigi akan mengakibatkan terjadinya gangguan pada fungsi estetika dan fungsi mengunyah. Selain itu dengan adanya kelainan anak bias jadi mengalami kesulitan untuk membersihkan giginya. Ini dapat menimbulkan gangguan dan kelainan gigi menjadi bertambah parah, misalnya gigi berlubang atau gigi akan tanggal sebelum waktunya.

Konsultasikan masalah Anda pada pakar kami. Kirimkan per tanyaan Anda ke Redaksi Anakku : Jl. Kayu Putih Selatan No. 74, Jakarta www.anakku.net September 2011, Fax : (021) 4786 4954, email : redaksi@anakku.net

57


r u a n g

konsultasi Penanganan Bayi Baru Lahir dengan Keadaan Khusus Dr. Hardiono D. Pusponegoro, Sp.A(K) Konsultan Kesehatan Anak

Dear Dr. Hardiono, Dok, keponakan saya sehabis dilahirkan, langsung dikatakan dalam kondisi darurat dan membutuhkan penanganan khusus. Sebenarnya faktor apa saja yang membuat bayi baru lahir dikatakan membutuhkan penangangan khusus pasca-dilahirkan? Pasalnya, Ibu Dewi, Bayi membutuhkan penanganan khusus antara lain bila kadar bilirubinnya tinggi, ada beberapa kondisi yang juga membutuhkan perhatian khusus, antara lain: - Bayi lahir tidak menangis Menangis dan tarikan napas dalam merupakan suatu mekanisme yang kuat untuk menyingkirkan cairan dari jalan napas untuk diganti oleh udara. Jika pada saat lahir, bayi tidak menangis maka dapat dilakukan rangsangan dengan pengeringan dan penghisapan lendir. Hal ini secara otomatis telah dilakukan saat bayi lahir. Bila bayi bernapas tapi tidak adekuat dapat diteruskan dengan rangsangan taktil, yaitu dengan menepuk atau menepuk telapak kaki, menggosok punggung, perut, dada atau tangan dan kakinya. - Bayi sesak (biru) Bayi yang sesak atau megapmagap menandakan tidak ada usaha napas (apneu). Bayi biru menandakan pernapasan dan sirkulasi yang tidak adekuat. Pada bayi yang baru lahir bila telah dilakukan rangsangan dan tidak

segera bernapas atau sesak maka kemungkinan bayi mengalami apneu sekunder, sehingga membutuhkan bantuan pernapasan. Bayi biru disebabkan kekuarangan oksigen dalam darah yang terlihat di bibir, lidah dan bagian tengah tubuh. Yang segera perlu dilakukan adalah dengan memberinya alat Bantu pernapasan (ventilasi tekanan positif). - Deteksi kelainan penglihatan dan pendengaran Kelainan penglihatan yang sering dijumpai adalah kerusakan pada retina (retinopathy of prematurity/ROP). Oleh sebab itu perlu dilakukan pemeriksaan dini (skrining) dengan alat periksa mata pada bayi usia 4-6 minggu atau sebelum bayi pulang dari RS.

setahu saya yang paling sering adalah bila bayi mengalami kuning. Mohon

Kelainan pendengaran dideteksi secara dini dengan pemeriksaan fungsi pendengaran yang disebut auditory brainstem response (ABR) pada usia kandungan 34 minggu.

Konsultasikan masalah Anda pada pakar kami. Kirimkan per tanyaan Anda ke Redaksi Anakku : Jl. Kayu Putih Selatan No. 74, Jakarta 58 Agustus September 20112011 www.anakku.net www.anakku.net , , Fax : (021) 4786 4954, email : redaksi@anakku.net

penjelasan, terima kasih. Dewi Sabilla Jakarta Barat


r u a n g

konsultasi

Persiapan Memberi ASI dr. Med. Damar Prasmusinto, Sp.OG(K) Konsultan Obstetri & Ginekologi

Dear dr. Damar, Kehamilan saya memasuki minggu ke-35 Dok. Berbagai persiapan sudah saya lakukan, termasuk keinginan untuk memberi ASI eksklusif buat bayi saya. Misalnya dengan merawat puting dengan baik. Saya juga membaca Dok, bahwa inisiasi menyusui dini (IMD) mempengaruhi keberhasilan pemberian ASI. Benarkah demikian Dok, dan mohon saran persiapan apa lagi yang dapat dilakukan demi keberhasilan pemberian ASI? Terima kasih Dok.

Ibu Bernie yang baik, Kesadaran akan manfaat ASI untuk bayi semakin besar saat ini. Memberikan ASI direkomendasikan karena berhubungan dengan manfaat kesehatan dan nutrisi. ASI eksklusif merupakan nutrisi yang ideal dan cukup untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kembang sampai kira-kira bayi berusia 6 bulan, yang selanjutnya bersamasama makanan pendamping dianjurkan pada 1 tahun pertama usia bayi. Bayi dengan susu formula eksklusif lebih tinggi insiden diare, otitis media, infeksi saluran nafas, infeksi saluran kencing, dan infeksi bakteri. Ibu yang tidak pernah menyusui lebih tinggi angka kejadian kanker payudara dan indung telur, lebih lambat penurunan berat badan ke awalnya, dan lebih tinggi kejadian perdarahan pascapersalinan. Bagaimana supaya ibu sukses memberikan ASI, selain dari ibu lingkungan pendamping ibu (suami, keluarga,

Bernie MS Jakarta Barat

tenaga kesehatan, dan kantor tempat bekerja) harus turut mendukung. Pada tabel berikut ibu dapat melihat apa yang telah dianjurkan oleh WHO dan UNICEF untuk keberhasilan pemberian ASI. Semakin banyak tahapan dilakukan oleh ibu semakin besar keberhasilan menyusui. Inisiasi menyusu dini di mana terjadi kontak skin to skin antara bayi dan ibu pada 30 menit pertama kelahirannya merupakan tahapan yang krusial untuk keberhasilan menyusui. Praktek ini bermanfaat bagi bayi seperti mendapat penghangatan yang tepat. Ibu dan bayi menjadi tenang, sehingga nafas dan denyut jantung bayi lebih stabil, Bayi memperoleh bakteri baik dari ibu. Sentuhan, kuluman dan jilatan pada puting ibu merangsang keluarnya hormon oksitosin yang bermanfaat untuk menyusui, mengurangi perdarahan, dan mempercepat pengecilan rahim. Demikian jawaban saya mudahmudahan cukup memuaskan.

10 langkah dari WHO/UNICEF untuk menyukseskan pemberian ASI : 1. Ada kebijakan tertulis tentang menyusui yang secara rutin dikomunikasikan kepada semua staf perawatan kesehatan. 2. Melatih semua staf pelayanan kesehatan dalam keterampilan yang diperlukan untuk melaksanakan kebijakan ini. 3. Memberitahu semua ibu hamil tentang manfaat dan talaksana menyusui. 4. Membantu ibu mulai menyusui sejak satu jam pertama melahirkan. 5. Memberitahu ibu bagaimana cara menyusui dan cara mempertahankan menyusui, bahkan jika mereka dipisahkan dari bayi mereka. 6. Jangan memberikan bayi makanan atau minuman lain selain ASI, kecuali ada indikasi medis. 7. Praktek rooming-in (ibu dan bayi memungkinkan untuk tetap bersama di ruang yang sama 24 jam sehari). 8. Mendorong menyusui on demand. 9. Tidak memberikan dot atau puting susu buatan untuk bayi menyusui. 10. Memperkenalkan ibu pada kelompok pendukung menyusui dan menganjurkan ibu menghubungi mereka setelah pulang dari rumah sakit atau klinik. UNICEF = United Nations Children’s Fund; WHO = World Health Organization. Diadaptasi dari Protecting, Promoting and Supporting Breast-Feeding. The Special Role of Maternity Services. A joint WHO/UNICEF statement. Geneva, Switzerland: World Health Organization;1989.

Konsultasikan masalah Anda pada pakar kami. Kirimkan per tanyaan Anda ke Redaksi Anakku : Jl. Kayu Putih Selatan No. 74, Jakarta www.anakku.net September 59 www.anakku.net Agustus 2011, 2011, Fax : (021) 4786 4954, email : redaksi@anakku.net


r u a n g

keluarga

Airplane Ear: Gangguan Saat Tinggal Landas A

irplane ear adalah tekanan pada gendang telinga, ketika tekanan udara di telinga tengah berada di luar keseimbangan. Anda mungkin mengalami airplane ear saat pesawat naik atau pada saat pesawat turun. Perubahanperubahan tekanan udara yang cepat dalam ketinggian tertentu menyebabkan tekanan dan dapat menyebabkan airplane ear, kadang disebut barotrauma pesawat, barotitis tengah atau aerotitis.

Jika berlangsung sampai beberapa jam, mungkin Anda akan mengalami rasa sakit di telinga sampai gangguan pendengaran yang parah seperti bunyi dering (tinnitus) disertai sensasi berputar di telinga (vertigo). Bahkan yang parah, sampai muntah (akibat vertigo) dan pendarahan telinga. Jika tandatanda serius ini terjadi, segera hubungi dokter Anda.

Apa penyebabnya?

Biasanya tindakan seperti menguap, menelan atau mengunyah permen karet, dapat mencegah atau memperingan akibat airplane ear. Namun bila gangguan terasa sangat mengganggu hubungi dokter Anda.

Gejalanya :

• rasa tidak nyaman dan nyeri pada telinga • rasa penuh pada telinga • gangguan pendengaran

60

September 2011 www.anakku.net,

Pernahkah Anda merasakan sakit pada telinga saat pesawat tinggal landas? Dan akan terasa kembali saat pesawat mendarat. Keadaan ini disebut sebagai airplane ear.

Airplane ear terjadi ketika ketidakseimbangan tekanan udara di telinga tengah akibat tekanan udara yang tiba-tiba. Di mana gendang telinga (membran timpani) bergetar lebih hebat dari seharusnya. Pusat pengaturan berada di sebuah saluran sempit yang disebut tabung Eustachius. Salah satu ujung terhubung ke telinga tengah. Ujung lainnya memiliki bukaan kecil di bagian belakang rongga hidung dan tenggorokan bagian atas bertemu (nasofaring). Ketika pesawat naik atau turun, tekanan udara di lingkungan berubah dengan cepat, dan

tabung eustachius tidak bereaksi cukup cepat. Menelan atau menguap mengaktif kan otot-otot yang membuka tabung eustachius dan memberi telinga tengah pasokan udara. Cara ini seringkali ampuh menghilangkan gejala airplane ear.

Faktor risiko

Setiap kondisi yang menutupi tabung eustachius atau batas fungsinya dapat meningkatkan risiko terjadinya airplane ear.

Faktor risiko yang lain :

• saluran estachius kecil, terutama pada bayi dan anak-anak • infeksi telinga bagian tengah (otitis media) • infeksi influenza (rhinitis b alergi) • (otitis media) tidur di pesawat selama pendakian dan keturunan


www.anakku.net September 2011, www.anakku.net Juli 2011,

61


r u a n g

keluarga

Airplane ear yang terlalu sering dapat merusak jaringan telinga bagian dalam (tabung eustachius), yang meningkatkan peluang Anda untuk mengalami masalah lagi.

Komplikasi

Airplane ear biasanya tidak menyebabkan kondisi yang serius dan merespon dengan baik upaya pen- cegahan yang Anda lakukan. Komplikasi jangka panjang dapat terjadi ketika kondisi parah atau berkepanjangan atau jika terjadi kerusakan pada struktur telinga bagian tengah. Komplikasi yang mungkin terjadi antara lain berdenging dan kehilangan pendengaran secara permanen. 3 Jika tindakan pencegahan yang Anda lakukan tidak berhasil mengatasi rasa sakit, hubungi dokter THT dan diskusikan masalah Anda.

Langkah pencegahan

• menguap dan menelan selama pe sawat lepas landas dan mendarat • mengisap permen atau permen

karet untuk membantu menelan • gunakan manuver Valsava selama lepas landas dan mendarat: hem buskan napas, seolah-olah meniup hidung, tekan hidung dan tutup mulut. Ulangi beberapa kali, terutama saat mendarat. Usahakan untuk tidak tidur selama lepas landas dan pendaratan.

membantu mencegah iritasi saluran hidung dan tenggorokan dan untuk membantu memastikan fungsi terbaik dari saluran tuba eustachius. 3 Jika Anda rentan mengalami airplane ear, sementara pekerjaan Anda mengharuskan sering menggunakan pesawat terbang, dokter mungkin akan melakukan tindakan pembedahan.

3 Jika sedang pilek, infeksi sinus, atau infeksi telinga lebih baik revisi rencana perjalanan Anda, apalagi jika baru saja menjalani operasi telinga. Bicarakan dengan dokter kapan sebaiknya melakukan perjalanan. 3 Jika Anda memiliki penyakit jantung, gangguan denyut jantung atau tekanan darah atau memiliki interaksi obat, hindari dekongestan oral kecuali dokter Anda menyetujuinya. Jika Anda seorang pria lebih dari 50 tahun, hati-hati dengan dekongestan yang mengandung pseudoefedrin, terutama jika Anda mengalami pembesaran prostat. 3 Jika Anda memiliki alergi, minum obat satu jam sebelum penerbangan Anda. Gunakan penutup telinga Minum banyak air untuk menghindari dehidrasi. Ini akan

TIPS Bagi Anak : • berikan bayi atau balita minum selama pesawat

lepas landas dan mendarat

• sebuah dot juga dapat membantu • anak-anak usia 4 lebih dapat mencoba permen

karet, minum melalui sedotan atau meniup gelem- bung melalui sedotan • pertimbangkan penggunaan obat tetes telinga. Bicarakan dengan dokter terlebih dahulu • hindari dekongestan, karena tidak dianjurkan untuk anak-anak

Referensi: 1. Vernick DM. Ear barotrauma. http://www.uptodate.com/home/index.html. Accessed July 29, 2010. 2. Ears and altitude. American Academy of Otolaryngology - Head and Neck Surgery. http://www.entnet.org/HealthInformation/earsAltitude.cfm. Accessed Aug. 19, 2010. 3. Travel safety tips. American Academy of Pediatrics. http://www.aap.org/advocacy/releases/travelsafetytips.cfm. Accessed Aug. 19, 2010.

62

September 2011 www.anakku.net,


r u a n g

keluarga

www.anakku.net September 2011,

63


r u a n g

m e n u

Ala

Menikmati minuman segar yang nikmat tidak harus selalu di cafe. Anda bisa membuat sendiri di rumah. Pisa Kafe Tebet berbagi resepnya untuk Anda… Estate dan Lucky Blue. Selain mudah membuatnya, bahannyapun tak sulit didapat. Ayo sajikan untuk keluarga tercinta di rumah. Selamat mencoba.

Estate Bahan :

• 15 ml Sirup kiwi • 15 ml Sirup peach • 90 ml Orange jus (shake) • 100 gr semangka (buat menjadi jus)

Cara membuat layer :

Siapkan gelas tinggi (pilsener), masukkan sirup kiwi dan sirup peach. Lalu tuangi jus semangka, setelah itu masukkan orange juice. Terakhir beri hiasan potongan semangka di atas gelas.

64

September 2011 www.anakku.net,


r u a n g

m e n u

Lucky Blue Bahan :

Bahan : • 210 ml Softdrink warna biru •30 ml Sirup leci •1 pcs Buah leci •1 pcs Cherry merah •3 gr Selasih

Cara membuat layer :

Siapkan gelas tinggi (pilsener), masukkan sirup kiwi dan sirup peach. Lalu tuangi jus semangka, setelah itu masukkan orange juice. Terakhir beri hiasan potongan semangka di atas gelas.

Resep : Pisa Kafe Tebet Jl. Tebet Raya No. 58 Jakarta Selatan. Telepon. : 021 83783805 Foto : Budhy Ashary Naskah dan penata saji : Andesi

www.anakku.net September 2011,

65


r u a n g

keluarga

Tips Mudik Bersama Si Kecil Perjalanan darat

1

. Posisi duduk: di belakang lebih aman.

M

engajak si Kecil berlibur atau mengunjungi sanak saudara pasti merupakan hal yang menyenangkan, baik bagi orangtua maupun anak. Namun, bepergian dengan anak, terutama bayi, merupakan tantangan tersendiri untuk orangtua. Banyak sekali hal yang menjadi perhatian, mulai dari keamanan, kenyamanan, hingga kebingungan mengatur barang bawaan. Perjalanan yang nyaman, dengan metode apapun, akan menjadi menyenangkan bagi orangtua maupun anak apabila sudah mengerti tips dan triknya.

Penelitian menunjukkan, duduk di bangku depan sebelah supir akan meningkatkan risiko cedera sebesar 40% pada anak usia 0-13 tahun. Rekomendasi menyebutkan, semua anak berusia di bawah 13 tahun sebaiknya duduk di bangku belakang.

2

. Selalu gunakan kursi khusus bayi dan anak kecil (car safety seat) . Semua bayi dan balita di bawah 2 tahun harus menggunakan kursi khusus yang menghadap belakang (rear-facing car safety seat) hingga batas umur atau batas tinggi badan terlewati. Jangan pernah meletakkan kursi khusus ini di bangku depan mobil yang memiliki airbag. Di atas usia atau tinggi badan tersebut, anak menggunakan kursi

Dr. Almitra Rindiarti

khusus yang menghadap ke depan (forward-facing car safety seat). Anak yang lebih besar dan telah melewati batas ukuran kursi khusus yang tersedia, dapat menggunakan kursi penyangga untuk menyesuaikan ukuran badannya dengan sabuk pengaman. Normalnya, sabuk pengaman pada mobil akan dapat digunakan anak pada usia 8-12 tahun (tinggi badan 140 cm). Selalu berikan contoh yang baik pada anak dengan menggunakan sabuk pengaman, bahkan apabila berada di taksi.

3

. Anak cenderung akan gelisah dan cepat bosan dalam perjalanan panjang.

Jadikan perjalanan menarik dengan bercerita mengenai hal-hal yang ditemui di jalan, bawa serta mainan yang ringan dan ringkas, dan memutar musik kesukaan anak. Berhenti menyetir dan berikan waktu istirahat dan ke kamar mandi paling tidak setiap dua jam.

4

. Jangan pernah meninggalkan anak sendirian di dalam mobil. Temperatur di dalam mobil dapat meningkat dalam hitungan menit dan anak dapat terkena serangan panas (heat stroke) yang dapat mengancam jiwa. Selain itu, anak dapat bermain-main dengan kendaraan dan dapat terperangkap atau menjalankan kendaraan sendiri.

5

. Barang yang harus berada di dalam mobil adalah kotak P3K standar beserta isinya lengkap, air dan makanan kecil, serta obat-obatan pribadi anak. Membawa tisu basah atau

antiseptic cair akan membantu dalam menjaga kebersihan selama perjalanan.

66

September 2011 www.anakku.net,


r u a n g

me l eu anr g u k a

www.anakku.net September 2011,

67


r u a n g

keluarga

Perjalanan udara Jika anak gelisah, anda dapat mengajak anak berjalanjalan di lorong kabin selama diperbolehkan oleh kru pesawat. Orangtua dapat membawa mainan atau buku yang disukai anak. Susu formula, makanan bayi, ASI perah dapat dibawa selama penerbangan dengan jumlah tertentu sesuai peraturan penerbangan yang berlaku.

B

anyak hal yang harus dipersiapkan jika Anda bepergian dengan anak menggunakan pesawat. Hal ini karena adanya respon tubuh pada anak yang berbeda dari dewasa pada saat berada di ketinggian dan banyaknya prosedur yang harus dilewati hingga anda dan si Kecil dapat naik pesawat.

1

. Usia yang dianggap aman untuk naik pesawat adalah setelah melewati usia 6 minggu. Batasan usia ini dimaksudkan agar pertahanan tubuh bayi sudah cukup kuat melawan kuman yang terdapat dalam kabin pesawat dan memastikan paru-paru bayi telah mengembang sempurna. Di usia 6 minggu telah dapat diketahui adanya kelainan bawaan atau gangguan pernapasan yang dapat mengganggu perjalanan.

5

2

. Perubahan tekanan di dalam kabin dapat mengakibatkan perubahan tekanan telinga tengah dan memicu nyeri telinga.

Untuk menyeimbangkan tekanan pada telinga bayi, biarkan bayi menyusui atau berikan kempeng selama takeoff dan landing untuk menjaga agar saluran telinga tengah (tuba Eustachius) tetap terbuka. Anak yang lebih besar dapat diberikan minum dari gelas atau diberikan permen karet. Jika anak Anda sedang mengalami infeksi telinga atau saluran napas atas, peradangan akan bertambah dengan naik pesawat. Konsultasikan dengan dokter sebelum terbang agar mendapatkan obat untuk mengurangi nyeri telinga yang akan timbul dan pastikan antibiotik telah diberikan 36 jam sebelum terbang apabila memang diperlukan.

68

September 2011 www.anakku.net,

3

. Menggunakan kursi khusus bayi atau anak adalah yang teraman.

Walaupun sebagian besar maskapai mengizinkan anak sampai usia 2 tahun duduk di pangkuan selama penerbangan, dokter merekomendasikan agar anak menggunakan kursi khusus (car safety seat) sama seperti saat bepergian dengan mobil. Anak juga dapat menggunakan sabuk pengaman khusus yang diberikan selama penerbangan. Sabuk pengaman yang tersedia di pesawat akan sesuai digunakan pada anak yang sudah mencapai berat 20 kg ke atas.

4

. Bawalah barang-barang yang dapat membuat anak nyaman, namun tetap perhatikan peraturan penerbangan.

. Ajarkan anak mengenai aturan dan prosedur yang harus dilalui ketika naik pesawat. Sebelum terbang, beritahu anak bahwa akan ada proses pemeriksaan keamanan dan anak harus melepaskan barang bawaannya (tas, mainan dll) untuk diperiksa dan akan dikembalikan kepada anak anda. Ajarkan bahwa tidak diperbolehkan bercanda mengenai hal yang berbahaya seperti: “Aku membawa bom�. Ancaman terhadap penerbangan (walaupun dikatakan oleh anak), akan ditindaklanjuti serius dan mengakibatkan keterlambatan penerbangan. Selama perjalanan, beritahu anak agar tetap duduk di kursinya dan tidak berlari-larian di lorong pesawat.


r u a n g

keluarga

Mabuk perjalanan Mabuk di perjalanan tentu akan membuat anak merasa enggan bepergian. Mabuk perjalanan terjadi karena ketidaksesuaikan antara organ ke- seimbangan di telinga dalam dengan penglihatan mata. Anak yang paling rentan mengalami mabuk perjalanan adalah balita dan usia pra-sekolah. Perasaan mual sampai terjadinya muntah akan berlangsung dalam beberapa menit sehingga masih terdapat hal-hal yang bisa dilakukan untuk pencegahan.

Jangan biarkan anak bepergian dengan perut kosong dan hindarkan makanan berminyak dan sulit dicerna.

4

. Menyetir dengan halus. Hindarkan mengerem mendadak atau berbelok tajam. Periksa suspensi kendaraan anda sebelum digunakan.

5

. Berhenti secara berkala dan biarkan anak keluar dari mobil.

1

6

2

7

. Lihat ke kejauhan. Ajak anak untuk melihat ke luar dan hindarkan membaca atau bermain game dalam perjalanan. . Cari udara segar. Cobalah buka jendela apabila anak merasa mual. Hindarkan rokok dan makanan yang beraroma tajam selama perjalanan.

3

. Pilih makanan yang tepat. Cemilan berupa cracker akan memperbaiki rasa ‘mabuk´yang dialami.

“

. Kenali tanda awal mabuk perjalanan. Perhatikan saat anak mengeluh mual atau pusing. Anak dapat kehilangan selera makan, tampak pucat dan berkeringat.

. Obat-obatan anti mabuk. Banyak obat bebas tersedia untuk meredakan mabuk perjalanan. Konsultasikan dengan dokter sebelum anda menggunakannya. Obat-obatan tersebut sebaiknya diminum sebelum perjalanan dimulai.

Persiapkan perjalanan Anda dan si Kecil

“

dengan baik dan jadikan perjalanan sebagai sarana mendekatkan anda dan anak. Selamat berlibur!

Sumber: 1. American Association of Pediatrics. Travel Safety Tips. June 2011. 2. Jay L. Hoecker. Air travel with infants: Is it safe? Diunduh dari: http://www.mayoclinic.com/health/ air-travel-with-infant/HQ00197 3. Aerospace Medical Association. Medical guidelines for airline travel, 2nd ed. 2003; Aviation, Space, and Environmental Medicine Vol. 74, No. 5, Section II. 4. Benjamin HoffmanMD. What you still do not know about car seat. 2009; NHTSA. 5. Teresa Plowright. Motion Sickness. 2010.

www.anakku.net September 2011,

69


r u a n g

keluarga

Kotak Obat, Tabungan Kesehatan Keluarga Fety Yuli Astuti Pusat Informasi Obat Universitas Gajah Mada (PIO GAMA) Yogyakarta

A

pakah Bunda sudah memastikan kalau seluruh anggota keluarga telah terjaga kesehatannya dengan baik? Terlebih si kecil yang tengah aktif dan selalu bersemangat dengan hal-hal baru. Terkadang karena aktivitasnya, si kecil menjadi kelelahan dan akhirnya jatuh sakit. Atau mengalami kecelakaan kecil. Nah, di sinilah peran Bunda agar mampu menerapkan swamedikasi (pengobatan sendiri) untuk selalu menjaga kesehatan keluarga. Wujud penerapan swamedikasi yang baik ditopang dari keberadaan sebuah “Kotak Obat� di dalam rumah kita. Mengapa dengan kotak obat? Kotak obat adalah sebuah ‘tabungan’ kesehatan yang penting dimiliki setiap rumah. Sebagai langkah awal, swa- medikasi hanya berlaku untuk obat bebas dan obat bebas terbatas. Penggunaan obat keras seperti antibiotik dan penenang sangat memerlukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter dan apoteker Anda.

70

September 2011 www.anakku.net,

Apa isi kotak obat Anda? 1. Analgesik-Antipiretik

wajib tersedia dalam kotak obat, paracetamol dengan dosis pemakaian 500 mg memiliki efek sebagai penurun panas dan juga pereda rasa nyeri yang efektif untuk seluruh anggota keluarga di atas usia enam tahun.

#

Obat untuk penyakit-penyakit musiman juga perlu disiapkan dalam kotak obat kita, obat flu dan batuk misalnya. Namun kedua-nya harus disesuaikan penggunaannya, untuk batuk kering, batuk berdahak atau peng- encer dahak, penggunaannya sangat perlu diperhatikan dengan seksama.

2.

Oralit juga menjadi daftar obat yang wajib ada dalam kotak obat kita. Penggunaan oralit penting saat buah hati atau anggota keluarga lain mengalami diare sehingga penggantian cairan tubuh yang hilang dapat segera dilakukan.

# Bila bunda atau keluarga menderita penyakit kronis seperti asma, hipertensi, maag, reumatik atau yang lainnya, maka obat-obat tadi perlu menjadi bagian dari kotak obat kita.


r u a n g

keluarga

3.

Obat anti-histamin (antialergi) juga perlu dimasukkan dalam daftar

kotak obat sebagai penanganan tercepat saat alergi menyerang. Selain itu, multivitamin dan supleman lainnya untuk membantu perkembangan buah hati dan menjaga daya tahan tubuh anggota keluarga agar tetap fit bisa masuk dalam kotak obat kita.

4.

Perlengkapan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K), seperti antiseptik, kasa, mitela,

dan perban gulung. Alat-alat seperti thermometer dapat pula ikut menghias kotak obat kita, alat ini akan sangat bermanfaat untuk mengukur suhu badan buah hati kita dengan lebih akurat saat demam melanda sehingga pengobatan dapat segera dilakukan.

www.anakku.net September 2011,

71


Perhatikan peletakannya Kotak obat yang tepat adalah wadah yang mampu menampung kebutuhan penanganan kesehatan keluarga.

# Perhatikan tata letak obatobatan di dalamnya, satukan

perlengkapan P3K dalam satu kesatuan dan begitu pula dengan golongan obat lainnya.

# Pisahkan antara sediaan obat dalam bentuk tablet, kapsul, dan

kaplet dengan sediaan bentuk sirup atau drop seperti tetes mata. Bentuk sediaan cair umumnya hanya bertahan satu bulan setelah kemasan dibuka.

# Letakkan pada suhu kamar dan setidaknya berada 1,5 m

dari lantai agar jauh dari jangkauan anak-anak, lengkapi pula dengan kunci supaya lebih aman.

# Kotak obat wajib dijaga kebersihannya dan jika perlu lengkapi

dengan informasi mengenai penyakit yang bisa di-swamedikasi, pengetahuan obat seputar indikasi, aturan pakai, peringatan, kontra indikasi, efek samping, maupun cara penyimpanan khusus agar kotak obat kita semakin menarik. Pastikan bahwa buah hati kita dan juga anggota keluarga tetap aman dan terjaga kesehatannya dengan persiapan dini lewat kotak obat yang luar biasa, Selamat berkreasi Bunda.

# Bunda juga harus kerap menyortir isi dari kotak obat.

Segera buang obat yang memiliki waktu kadaluarsa kurang dari sebulan dengan jalan merusak bungkusnya agar tidak dimanfaatkan oleh oknum-oknum nakal.

Referensi 1. Bishop DVM. Handedness and developmental disorder. London:Mac Keith Press;1990. Hal. 1-47. 2. Stellman SD, Wynder EL, De Rose DJ, Muscat JE. The epidemiology of left-handedness in a hospital population. Ann Epidemiol. 1997;7:167-71. 3. Curtis H, Petrinovich, Lewis F. Left-handedness. Psychological Bulletin. 1997;84:385-404. 4. Natsopoulos D, Kiosseoglou G, Xeromeritou A, Alevriadou A. Do the Hands Talk on Mind’s Behalf? Brain and Language 1998;64:182-214. 5. Binder, J. The new neuroanatomy of speech perception. Brain. 123(12), 2371-2 (2000).

72

September 2011 www.anakku.net,


r u a n g

sekolah 74 76 80

Uang Saku, Positif? Negatif? Bila si Kecil Kidal Apa Itu Gangguan Belajar?

Nada www.anakku.net September 2011,

73


r u a n g

sekolah

Uang Saku,

Positif?Negatif?

Arini curhat kepada Vika sahabat SMA nya… “Duh, Vik payah deh anakku si Dito, masak baru kelas 3 SD uang sakunya sehari 20 ribu? Banyak godaan jajan sih di sekolahnya,” keluh Arini. “Masak sih? Kalau anakku Vidhya, aku kasih mingguan. Seminggu 50 ribu. Tapi dia jarang jajan, karena selalu bawa makanan dari rumah. Yah, paling kalaupun jajan dia beli susu atau jus,” sahut Vika. Memang tidak ada patokan yang pasti soal besaran uang saku. Yang jelas saat anak ditinggal di sekolah, saat itu orangtua sudah bisa mulai memberi uang saku. Biasanya setelah masuk SD karena anak tidak ditunggui lagi.

M

emang tidak ada patokan yang pasti soal besaran uang saku. Yang jelas saat anak ditinggal di sekolah, saat itu orangtua sudah bisa mulai memberi uang saku. Biasanya setelah masuk SD karena anak tidak ditunggui lagi.

Harian, mingguan, atau bulanan?

Ada orang tua yang memberinya secara harian, setiap anak mau berangkat ke sekolah. Biasanya ini dilakukan saat anak masih duduk di bangku sekolah dasar (SD), dan ketika menjelang masuk SMP, mulai diberikan kepercayaan mengelola uang sakunya secara mingguan. Dan beranjak besar, anak dapat diberi uang saku bulanan dan seterusnya. Tentu si anak tidak langsung mampu mengelola keuangannya dengan baik. Bisa saja anak SMP, baru tiga hari saja uang sakunya sudah ludes. Atau baru tiga minggu, si anak SMA sudah melapor lagi meminta bantuan. Tidak masalah. Anak-anak harus terus belajar. Lebih baik sekarang dia gagal mengelola uangnya, daripada nanti ketika kuliah di tempat jauh (kota lain, luar negeri) atau bekerja, dia tidak bisa mengelola keuangannya. Uang saku atau uang jajan adalah uang yang diperuntukkan memenuhi kebutuhan tersier saat anak bersekolah. Ada banyak pendapat yang pro dan kontra tentang pemberian uang jajan pada anak. Ada beberapa yang menyatakan pemberian uang jajan dapat melatih kemandirian anak. Namun, ada juga pendapat yang menyatakan bahwa

74

September 2011 www.anakku.net,

Evi Junita, M.Psi.

pemberian uang jajan hanya memanjakan anak dan tidak ada gunanya.

Manfaat memberi uang saku

Memberi uang jajan dapat melatih anak mengenal penggunaan uang yang baik, bertanggung jawab atas barang kepemilikannya sendiri, mengaplikasikan kemampuan matematis dan stategisnya, melatih anak menabung, serta dapat membantu anak memenuhi keperluaannya di saat mendesak.

Kapan anak siap?

Uang jajan hanya dapat diberikan pada anak-anak yang sudah siap. Anak dinyatakan siap untuk menerima uang jajan ketika : • sudah memahami fungsi uang seba­gai alat tukar sudah dapat melakukan perhitungan matematis dengan teliti baik yang tampil dalam soal ceritaataupun bukan sudah dapat mengenali keperluan yang penting dan mendesak sudah memahami proses menabung.


r u a n g

sekolah Sudah sesuaikah?

Setelah kebutuhan primer dan sekunder anak untuk bersekolah sudah terpenuhi dengan baik. Orangtua dapat mempertimbangkan pemberian uang jajan pada anak. Pembiasaan pemberian uang jajan dapat disesuaikan dengan karakteristik anak dan situasi kehidupan sehari-hari yang anak alami. Pada dasarnya, pelatihan sejak dini dan rutin perlu dilakukan. Sejak anak sudah siap, orangtua dapat secara perlahan memberikan uang jajan pada anak. Nominal uang jajan dimulai dari nominal paling kecil yang hanya bisa ditabung setiap harinya dan baru bisa dijajankan setelah beberapa hari uang terkumpul di celengan. Salah satu contohnya adalah pemberian uang jajan sebesar Rp. 1.000,-. Setelah tiga atau lima hari uang ditabung, orangtua dapat melihat jumlah tabung足 an yang dimiliki anak. Di akhir minggu,

Ajari Anak Menabung a. Ajari anak menghargai uang Beri anak uang saku dan paparkan keperluan yang harus ia beli dari uang saku tersebut, misalnya fotokopi, pulsa, dan jajan. Minta anak mencatat segala pengeluarannya. Lalu lihat di akhir minggu, apakah ada uang yang tersisa. Jika ternyata kurang, coba diskusikan dengan anak dengan melihat secara bersama catatan anak. orangtua dapat memberikan pujian atas keberhasilan yang dicapai anak dan meminta kesediaan anak untuk melanjutkan hal yang serupa di minggu selanjutnya.

b. Tabung sisa uang sakunya Coba tantang anak untuk bisa menabung. Mulai lah dengan jumlah kecil. Sediakan celengan dan usahakan yang transparan. Jadi, anak akan melihat uangnya semakin banyak. Dia akan termotivasi membuat celengannya cepat penuh. Lebih seru lagi bila ada adik/kakaknya, mereka akan lebih termotivasi.

Setelah memahami penjelasan di atas, terlihat bahwa dengan pemahaman dan pengawasan yang tepat, pemberian uang jajan merupakan sarana belajar dan berlatih yang bermanfaat kelak.

www.anakku.net September 2011,

75


r u a n g

sekolah

Kecil si Bila Ketika kakek dan nenek memberikan hadiah untuk si kecil, ia menerima dengan tangan kirinya. Secara tidak sadar kita berkata �Pakai tangan yang bagus, sayang..�

Kidal C

uplikan di atas sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Tiba-tiba kita tersadar bahwa si kecil lebih sering menggunakan tangan kirinya saat beraktivitas, atau disebut kidal. Memang, kebanyakan orang (80-90%) menggunakan tangan kanan untuk melakukan sebagian besar aktivitas (makan, menulis, mengangkat barang, dan lain-lain). Namun menjadi kidal bukanlah suatu keanehan, keterbatasan, apalagi jika dianggap kecacatan. Mungkin terbersit rasa iri, “Itu si A baik-baik saja. Bahkan ia dadah dadah saat ibunya pergi meninggalkannya‌â€? Sementara Anda, si kecil bahkan ingin Anda duduk di depan kelasnya. Bersabarlah ibu, kondisi ini tidak akan berlangsung lama, dan akan segera berlalu.

dr. Fatimah Hidayati

Sejak dalam kandungan Dominasi penggunaan tangan kanan atau kiri sudah terprogram sejak dalam kandungan. Kidal bersifat genetik yang diturunkan. Pada anak kembar, jika salah satunya kidal, maka 76% kemungkinan saudara kembarnya juga kidal. Namun, sebuah riset pada tahun 1998 oleh James McDevitt dari Universitas Oklahoma menemukan bahwa hanya 26% kemungkinan anak menjadi kidal dari kedua orang tua yang kidal. Hal ini menunjukkan bahwa genetik bukanlah satu-satunya penentu kekidalan seseorang. Teori lain menyebutkan kidal disebabkan oleh proses persalinan yang bermasalah sehingga bayi mengalami kekurangan oksigen sebelum dilahirkan yang berakibat pada kerusakan beberapa bagian otak. Ada juga yang mengatakan posisi bayi di kandungan turut menentukan terjadinya kidal. Tekanan pada sisi kanan tubuh bayi mengakibatkan sisi kiri berkompensasi untuk lebih berkembang. Namun semua ini masih menjadi kontroversi.

Laki-laki lebih banyak Kidal lebih banyak ditemukan pada anak laki-laki dibanding perempuan. Proporsi orang kidal tidak jauh berbeda pada berbagai ras. Namun pada negara timur, jumlah kidal nampak lebih sedikit dibandingkan pada negara barat, dikarenakan norma pada orang timur

76

September 2011 www.anakku.net,


r u a n g

sekolah

cenderung mengalami pemaksaan untuk menggunakan tangan kanan dalam aktivitasnya. Paksaan dari guru, orang tua, saudara, atau bahkan ejekan dari teman sebaya dapat mengaburkan dominasi fungsi otaknya. Anak kidal yang diharuskan menulis atau melakukan keterampilan dengan tangan kanan dapat menjadi frustrasi sehingga hasil karyanya tidak optimal atau tidak sebaik jika ia menggunakan tagan kirinya. Alkisah di Kerajaan Inggris, George V memaksa anaknya yang kidal, George VI, dengan mengikat tangan kiri anaknya agar sang anak menggunakan tangan kanannya untuk beraktivitas. Akibat kesalahan dalam didikan ini, George VI pun menjadi gagap.

yang mengatur penggunaan tangan mana yang lebih baik dalam melakukan sesuatu (seperti menggunakan tangan kanan jika bersalaman) sehingga orang yang kidal harus menyembunyikan kecenderungannya itu. Kecenderungan kidal sesorang pun bervariasi, ada kidal yang sangat kuat sampai dengan kidal yang lemah, yang juga terkadang masih menggunakan tangan kanannya.

bahasa (mendengarkan, membaca, berbicara dan menulis), aljabar (berhitung), nalar sistematis yang lebih baik. Sedangkan orang dengan dominasi otak kanan akan memiliki kemampuan imajinasi menentukan letak ruang, kemampuan belajar melalui melihat (visual) dan mengerjakan (kinestetik), kemampuan abstrak dan ekspresi perasaan yang lebih baik.

Otak kita mempunyai dua bagian, yaitu otak kiri (hemisfer kiri) dan otak kanan (hemisfer kanan). Pergerakan bagian tubuh kita diatur oleh bagian otak pada sisi yang berlawanan. Otak bagian kiri mengatur pergerakan dominan dari bagian kanan tubuh kita, begitu pula sebaliknya.

Pada anak kidal, kemampuan bahasanya mungkin mengalami keterlambatan dibanding anak seusia, mengingat fungsi bahasa terletak pada otak kiri yang berarti dominasi tangan kanan. Seperti penelitian yang pernah dilakukan pada 270 anak usia sekolah, nilai kemampuan bahasa anak yang menggunakan tangan kanan lebih baik daripada anak yang menggunakan tangan kiri. Hal ini sebaiknya kita sadari sebagai orang tua jika kita memiliki anak yang kidal. Pada perkembangannya, anak kidal

Ada kelebihan dan kekurangan dengan adanya otak mana yang lebih dominan. Orang kebanyakan dengan dominasi otak kiri akan memiliki kemampuan

www.anakku.net September 2011,

77


r u a n g

sekolah

Kapan orang tua dapat mengetahui anaknya kidal?

•

Sejak bayi orang tua sudah dapat mengenali anak kidal saat anak aktif bergerak. Paling jelas terlihat setelah anak berumur 2 tahun, ketika keterampilan bermain menggunakan tangan dilakukan anak.

•

Perhatikan tangan mana yang digunakan untuk meraih mainan yang diletakkan di depan mereka, tangan mana yang digunakan untuk menyisir, menggosok gigi, makan, maupun menggambar.

•

Anak kidal biasanya mengaduk dengan arah berlawanan dengan arah putaran jarum jam.

•

Refleks tangan kirinya lebih cepat dibanding tangan kanannya.

•

Anak dipastikan kidal setelah melewati usia 5-6 tahun, di mana anak telah bereksplorasi dengan kedua tangannya dan terlihat tangan mana yang akan lebih banyak ia gunakan.

Tips: Bila si Kecil kidal Latih anak untuk menggunakan tangan kanan. Misalnya dengan meletakkan benda-benda di tengah seperti sendok ketika makan sehingga merangsang anak untuk megambilnya dengan tangan kanan. Beri pujian ketika si kecil dapat meraih atau melakukan sesuatu dengan tangan kanan.

Hindari terlalu sering menasehati anak, karena anak justru akan membentengi diri dan menolak sama sekali.

Janganlah menegur anak di depan orang lain, jika ia telanjur menggunakan tangan kiri. Beritahu setelah tidak ada orang lain. Kita dapat melatihnya dalam 1-2 bulan, namun jika hal ini malah menimbulkan masalah dan anak kesulitan dalam beraktivitas, maka biarkanlah si kecil mengikuti kecenderungannya.

Dukung anak untuk beradaptasi. Memang peralatan di sekitar kita lebih banyak didesain untuk tangan kanan seperti gunting, mouse komputer,kamera, meja gambar, dll. Namun saat ini sudah ada toko yang

Resume:

menjual alat untuk digunakan oleh tangan kiri. Anak kidal pasti bisa menyesuaikan diri dengan dukungan penuh dari orang tua.

Terangkan kepada guru anak Anda di sekolah tentang keadaan si kecil sehingga tidak ada pemaksaan untuk menulis dengan menggunakan tangan kanan. Bukankah sulit jika kita yang terbiasa menulis dengan tangan kanan diminta untuk menulis dengan tangan kiri?

Hindari memberinya julukan; seperti si kidal, kebot, dll, karena akan berefek buruk pada konsep dirinya saat menyadari perbedaan dirinya dengan teman sebaya. Rasa malu ataupun rendah diri akan timbul yang akan mencapai puncaknya pada masa remaja.

Ajaklah anak Anda mengetahui bahwa banyak tokoh-tokoh dunia dan orang sukses yang ternyata juga kidal; seperti milyuner dan raja komputer Bill Gates, komponis Mozart, pelukis Pablo Picasso, Leonardo da Vinci, Benjamin Franklin dan presiden Amerika Serikat, Barrack Obama.

Melatih anak untuk mengaktif kan tangan kanannya boleh-boleh saja. Idealnya, kita memang senantiasa menyeimbangkan kemampun otak kiri dan otak kanan kita. Bukankah melakukan sesatu dengan kedua tangan lebih meringankan? Namun janganlah bersifat memaksa. Anak membutuhkan dukungan dan kasih sayang orang tuanya, kidal bukanlah suatu permasalahan besar. Anak kidal mungkin akan mengajari Anda sebagai orang tua tentang bagaimana beradaptasi.

78

September 2011 www.anakku.net,


r u a n g

sekolah

www.anakku.net September 2011,

79


r u a n g

sekolah

Apa Itu Gangguan Belajar?

Surastuti Nurdadi, MSi Psikolog Klinik Anakku Kelapa Gading

“Anak saya tidak naik kelas dua, menurut gurunya dia tidak dapat mengikuti pelajaran di sekolah, bahkan memegang pensil pun masih belum benar…” demikian seorang ibu di sebuah ruang praktik psikolog.

Seorang anak dinyatakan mengalami kesulitan belajar antara lain jika:

K

esulitan belajar atau ketidak mampuan belajar (learning disability) merupakan istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan berbagai masalah dalam belajar yang dapat menyebabkan seseorang menghadapi berbagai kesulitan terutama dalam belajar dan memperoleh kemampuan khusus. Kemampuan yang terpengaruh adalah kemampuan membaca, menulis, mendengar, berbicara, berpikir, dan menghitung. Kesulitan belajar yang paling mudah diamati adalah yang berhubungan dengan masalah akademik. Biasanya karena alasan inilah orang tua membawa anaknya berkonsultasi.

• memiliki kesulitan untuk belajar abjad, irama kata, hubungan antara huruf dan bunyinya • membuat banyak kesalahan jika membaca dengan bersuara, mengulang dan sering berhenti sebentar • tidak mengerti apa yang dibacanya • memiliki masalah untuk mengeja • masih salah dalam memegang pensil dan tulisannya sangat buruk • belum dapat membuat bentuk-bentuk geometris sederhana • membutuhkan usaha yang keras untuk menulis • lambat belajar bicara dan kosakatanya sangat terbatas • kesulitan untuk menuliskan kata yang didengar • menulis kata yang hampir mendekati kata yang didengarnya, misalnya ‘tetap’ menjadi ‘tepat’ • sulit mengikuti arah, misalnya menarik garis sesuai arah yang bergelombang • menulis huruf salah, misalnya ‘b’ dengan ’d’ atau ‘p’ • membuat kesalahan dalam urutan angka • mengalami kebingungan dengan symbol matematika (+, -, x, :) • sulit menceritakan kembali menurut urutan cerita yang didengar atau dialami (apa yang mula-mula terjadi, kemudian, dan selanjutnya) • mengalami kesulitan dalam mengikuti aturan sosial dalam berkomunikasi, seperti harus menunggu giliran berbicara, berdiri terlalu dekat dengan orang yangh diajak bicara).

Lalu bagaimana? Segera bawa anak berkonsultasi dengan dokter anak. Jika dalam pemeriksaan ditemukan adanya masalah yang mengarah kepada kesulitan belajar maka perlu dievaluasi lebih lanjut oleh psikolog anak. Jika ditemukan adanya kesulitan belajar maka diperlukan metode pengajaran khusus agar mereka tidak perlu menghadapi masalah dalam perkembangan dan mengalami kegagalan dalam pendidikannya

80

September 2011 www.anakku.net,


r u a n g

p a j a n g 82 86 88 90

Fashion : “Aku & Batik” Belanja Yuk : Indahnya Masa Menyusui Ekspresi Tips: Merawat Batik

Teukumas www.anakku.net September 2011,

81


r u a n g

fashion

Aku

&Batik

Siapa bilang batik hanya milik orang dewasa. Si kecil pun bisa tetap gaya dengan baju batik. Tak perlu ragu untuk mengenakan warisan nenek moyang kita ini. Aneka kemeja bisa membuat jagoan kecil Anda tampil memikat. Busana batik dengan aneka model nan modis dapat dikenakan di segala kesempatan.

82

September 2011 www.anakku.net,


r u a n g

fashion

www.anakku.net September 2011,

83


r u a n g

fashion

84

September 2011 www.anakku.net,


r u a n g

fashion

Model : Nicholas Busana koleksi : Allure Kids (plaza Indonesia, Jl. M.H. Thamrin Kav 28-30 L3 # E 19 ) Telp. (021) 31990189 Naskah & P.Gaya : Andesi Fotografer : Fahrizal Ibrahim

www.anakku.net September 2011,

85


r u a n g

belanja yuk! Mini Elektrik ASI Rp. 899.000

Indahnya Masa Menyusui

1

M

Memberikan ASI adalah saat yang paling indah bagi baru, apalagi ASI adalah makanan terbaik untuk si kecil. Agar menyusui menjadi momen menyenangkan, kami pilihkan 12 perlengkapan yang diperlukan oleh ibu baru.

Summer Bary Care Kit Rp. 299.000

3

2

Baby Monitor Rp. 750.000

5 Breast Milk Storage Rp. 119.000

86

4

September 2011 www.anakku.net,

Blouse Pregnant Rp. 499.000


r u a n g

6

belanja yuk! Widgay Pillow Rp. 599.000

7

8 9

Lunch Bag Rp. 199.000

Niple Cream Rp. 99.000

11

Sling Red Rp. 959.000

10

Summer head support Rp. 279.000

Nursing Bra Rp. 369.000

12

Nursing Cover Mac Rp. 379.000

www.anakku.net September 2011,

Koleksi: Mothercare (Plaza Indonesia) Fotografi: Fahrizal Ibrahim Naskah & pengarah gaya: Andesi

87


Kelompok Bermain - Taman kanak-kanak Aisyiyah 48 Ranting Puloasem Jl. Puloasem Utara XII No. 3-5, Jati Pulo Gadung Jakarta Timur

ALI A

AISYA

ABRAR

N YA

AR

ARYO

ANNIS

A

AUBIN

KA

AZ

QIS BAL

DANI SHADZALI

88

SMILE September 2011 www.anakku.net,


I

M FAH

FAR

FANO

RE

L FIRA

R

HA PAT

SHILAH

RAIHAN

N FARHA

FARAH

JAHRA

KAYLA

RIFQI

SALWA

TARA

CEEz.. www.anakku.net September 2011,

89


Merawat Batik

Tips:

Anda tak ingin batik kesayangan Anda kelihatan lusuh sebelum waktunya kan? Nah, ikuti tips perawatannya sebagai berikut‌

Gunakan sampo rambut. Sebelumnya, larutkan dulu sampo hingga tak ada lagi bagian yang mengental. Setelah itu baru kain batik dicelupkan. Anda juga bisa menggunakan sabun pencuci khusus untuk kain batik yang dijual di pasaran yang biasanya berbahan dasar lerak. Hindari penggunaan deterjen dan mesin cuci. Jangan digosok. Jika batik tidak terlalu kotor maka Anda bisa mencucinya dengan air hangat. Tapi jika batik terkena noda cukup cuci dengan sabun mandi saja. Jika nodanya masih membandel Anda bisa menghilangkannya dengan kulit jeruk pada bagian yang kotor saja. Setelah kotoran hilang, bilas dan jemur di tempat yang teduh tetapi Anda tidak perlu memerasnya, biarkan saja mengering secara alami. Pada saat menjemur sebaiknya tarik bagian tepi kain agar serat kain yang terlipat kembali seperti sediakala. Hindari menyetrika secara langsung, jika terlalu kusut Anda bisa semprotkan air di atas kain batik lalu lapisi batik dengan kain lainnya. Hal ini untuk menghindari kain batik terkena panas langsung dari setrikaan. Bila Anda ingin memberi pewangi dan pelembut kain pada batik tulis, jangan disemprotkan langsung pada kainnya. Sebelumnya, tutupi dulu kain dengan koran, lalu semprotkan cairan pewangi dan pelembut kain. Hindari menyemprotkan parfum atau minyak wangi langsung ke kain atau pakaian berbahan batik sutera berpewarna alami.

Hindari kapur barus karena zat padat ini terlalu keras sehingga bisa merusak kain batik Anda. Ada baiknya Anda beri merica atau lada yang dibungkus dengan tisu lalu masukkan dalam lemari pakaian sebagai mengusir ngengat. Atau gunakan akar wangi yang sebelumnya dicelup ke dalam air panas kemudian dijemur, lalu dicelup sekali lagi ke dalam air panas dan dijemur. Setelah akar wangi tersebut kering Anda baru bisa menggunakannya.

90

Sesudah disetrika, simpan batik dalam plastik agar tidak dimakan ngengat.

September 2011 www.anakku.net,


www.anakku.net September 2011,

91


92

September 2011 www.anakku.net,


www.anakku.net September 2011,

93


94

September 2011 www.anakku.net,


www.anakku.net September 2011,

95


96

September 2011 www.anakku.net,



Edisi September 2011