Page 1

Merancang

p e s t a

a k h i r

t a h u n

Liputan: Talkshow Ibu Peduli Alergi

Stimulasi dengan Berenang

ASI Cegah Obesitas Hindari Keracunan Obat

Ibu Cerdas,

Waspada

Kanker Serviks

Anak Berkualitas

Edisi 12/VII/2012 Rp. 25.000 (Jawa, Bali, Lampung)

Rp. 27.000

(Luar Jawa, Bali, Lampung)


iklan

www.anakku.net

Desember 2012

1


beranda S

alam hangat,

Pada tanggal 1 Desember ini kita ikut menjadi bagian dunia dan memperingati hari AIDS Sedunia dalam rangka menunjukkan keprihatinan akan penyebaran penyakit yang berbahaya ini. Selain itu, bulan Desember juga sering disebut sebagai bulannya perempuan karena pada tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu Nasional. Pemberdayaan perempuan sebagai sosok yang dekat dengan anak dan berperan penting dalam tumbuh kembang anak, sudah seharusnya menjadi perhatian semua pihak. Mari tanamkan motivasi di dalam diri untuk selalu berkembang dan menambah wawasan agar selalu dapat mendampingi keluarga dan mengikuti perkembangan zaman. Edisi terakhir di tahun 2012 ini kami isi dengan informasi yang lengkap tentang bagaimana cara ibu menangani berbagai ‘kriris’ dan hal-hal penting di rumah, dari mulai P3K saat anak mengalami kecelakaan kecil sampai mengajak anak untuk terbiasa beraktivitas. Selain itu juga ada beberapa artikel yang perlu diketahui ibu tentang keracunan obat dan pentingnya sarapan. Tak lupa juga kami sajikan beberapa alternatif menarik untuk berpesta di akhir tahun dan dekorasi Natal yang seru. Semoga bisa mendorong Anda untuk selalu berkreasi. Jadikan Desember ini sebagai saat yang tepat untuk memperbaiki hubungan yang terputus, meneruskan yang sempat terhenti dan mendekatkan diri dengan yang tersayang. Semoga Anda dapat menemukan tujuan baru yang dapat membuat hidup ini lebih ceria dan berwarna.

Mari tanamkan motivasi di dalam diri untuk selalu berkembang dan menambah wawasan agar selalu dapat

Salam,

mendampingi keluarga dan mengikuti Dr. Hardiono D. Pusponegoro, SpA(K)

perkembangan zaman.

Pimpinan Usaha: Dr. Hardiono D. Pusponegoro, SpA(K). Manager Bisnis: Rizal Alatas. Pemimpin Redaksi: Desiyanti Hariana. Redaktur Pelaksana: Dyah Soekasto. Redaksi: dr. Ika Fitriana, Andesi, Shelvy Dwi Citra. Sekretaris: Indah Sembiring. Kontributor: Dr. Michael Triangto, SpKO, Elly Risman, M.Psi, dr. Erwin Lukas, SpA, Meisya Siregar, dr. Fadhillah Haris, SpA, dr. Jeanne Roos Tikoalu, SpA, dr. Meidy Triangto, SpKFR, Rahmi Safarina, Prof. Dr. Fatimah Haniman, SpKJ(K), Karina Adistiana, M.Psi. Konsultan Desain: Wulan Natasha Pusponegoro. Artistik: Evi D. Rahmawati, Agus Moller. Ilustrator: R.M. Andiko Pranoto. Event Manager: Kak Hendra. Pra Produksi: Wahyudin. Website & Sosial Media: Adi Maryanto. Keuangan: Ni Nyoman A. Puniati, Edy Susanto. Fotografer: Ramos Pane. Koordinator Foto: Nathal Adjie. Marketing & Iklan: Rizal Alatas. Distribusi: Mardani. Pelanggan: Wahyudin & Indah Sembiring.

Redaksi : Majalah Anakku - Jl. Kayu Putih Selatan No. 74, Jakarta Timur Telp. : (021) 4786 3434 (Hunting), Faks : (021) 4786 4954, E-Mail: redaksi@anakku.net, anakku.info, DILARANG MENGUTIP ISI MAJALAH ANAKKU DALAM SEGALA BENTUK TANPA IZIN

2

Desember 2012 www.anakku.net

@anakku


cover story

Teriakan

Taha

Satu kata untuk sesi foto cover edisi kali ini adalah “Fiuuuh…”. Mengapa? Karena durasi pengambilan foto sampai dibuat dua hari! Di hari pertama, sang model, Rayyan Taha Yavuz, yang akrab disapa Taha (3) ini memang sedang bagus mood-nya saat ‘bermain’ di studio foto Amadeus Portraiture, namun perlu kesabaran penuh untuk menunggunya mau difoto. Lanjut di hari kedua, kali ini sang mama, Putik Rindu, menggandeng ayah dan kakak Taha untuk ikut menyemangati. Alhasil, Taha menjadi semakin rileks di depan kamera. Terlebih lagi ketika fotografer, Nathal Adjie, menemukan ide agar Taha berteriak saat difoto untuk memperkuat ekspresinya. Aha! Taha ternyata suka sekali ide teriak sambil difoto. Syukurlah, usaha keras selama dua hari itu benarbenar membuahkan hasil yang memuaskan. Lihat saja pada cover Majalah Anakku edisi ini, rasanya seperti diajak Taha untuk lantang berteriak, ya?

Nama Anak

Rayyan Taha Yavuz Nama Ayah

Yavuz Fatih Nama Ibu

Putik Rindu Tempat/ Tanggal Lahir Foto : Nathal Adjie

Jakarta, 9 Oktober 2009 Tempat tinggal

Kebayoran, Jakarta Selatan

www.anakku.net

Desember 2012

3


Rubrik

Utama!

Sebagai ‘ratu’ di rumah, ibu memang harus selalu siaga dan banyak berinisiatif demi kesehatan keluarga. -p.18

d a f t a r

i s i

Desember 2012 Anakku News 18

Membentengi si kecil dari kecelakaan dirumah Bahkan kecelakaan kecil pun dapat berakibat buruk jika tidak segera diatasi.

sadar gizi Ibu dapat 22 Ibu ­mengajak anak menciptakan menu

41

44 Ruam: Alergi atau Infeksi Tanda-tanda

yang membedakan ruam karena alergi atau infeksi.

47

sehat untuk dinikmati bersama.

27

Komunikasi efektif dalam keluarga Tip membangun komunikasi yang efektif dengan keluarga tercinta.

kelainan kaki pada anak agar tidak terbawa hingga dewasa.

49 Hindari anak teracuni obat Bijaksana dalam memberi obat pada anak.

52

Anakku Sehat

Anakku Cerdas

34 ON OUR COVER Photo & Digital Imaging: Nathal Adjie

Jangan abaikan kesehatan kaki anak Mengatasi

30 Beraktivitas bersama anak

Model: Rayyan Taha Yavuz

Lebih dekat mengenal Meningitis

ASI: Memperkuat bonding & cegah obesitas Alasan lainnya mengapa bayi perlu diberi ASI sejak lahir.

38

Bayi lahir besar rentan obesitas

58

Sarapan: Modal utama aktivitas anak

Bila ADHD terbawa hingga dewasa Bagaimana

cara mengatasi gangguan psikiatrik yang dapat terbawa hingga dewasa.

60 Stimulasi berenang pada bayi

Majalah Anakku Edisi 02/VII/2012 diterbitkan oleh Anakku Media Jl. Kayu Putih Selatan No. 74, Jakarta Timur, Telp. : 6221-4786 3434 (Hunting), Fax. : 6221-4786 4954, E-mail : redaksi@anakku.net

4

Desember 2012 www.anakku.net


6

62

Aksi Anakku: TK Islam Al- Fikri

Artis:

Meisya Siregar & Bebi Romeo Kembangkan karakter anak

remaja mimpi basah 64 Bila Mempersiapkan anak laki-laki mengdapi perubahan praremaja.

68 Berjauhan dengan Ayah Ketika si Kecil mendadak pendiam.

Anakku Galeri 70

Fashion: Party time Gaya

74

Pernak pernik: Nuansa kayu dan aluminium di hari Natal

76

Tip: Sukses menggelar pesta akhir tahun Merancang

untuk pesta ulang tahun dan akhir tahun yang seru!

Stimulasi berenang pada bayi

60

sebuah pesta yang akan menjadi kenangan yang indah.

Anakku Famili 78

Rawat payudara sejak hamil Apa saja yang perlu dipersiap-

84

kan agar payudara siap menghasilkan ASI.

Menu: Yang segar di akhir tahun

80 ­ 7 Fakta t­ entang kanker serviks Membentengi diri dari

penyakit yang diakibatkan virus HPV ini.

82 ­Tanya jawab obgyn 84 ­ Menu: Yang segar di akhir tahun

86 ­IBS: Gangguan

pencernaan yang sering mengganggu Seringkali diakibat-

Fashion: Party Time

68

kan oleh stres penderitanya.

Aktivitas Anakku bonus untuk anak 89 Lembar Yuk, mewarnai, tebak gambar, dan belajar menggambar.

www.anakku.net

Desember 2012

5


artis anakku

Meisya Siregar & Bebi Romeo Kembangkan Karakter Anak

A n desi A n as

Sebagai MC dan host acara televisi “Diary Bunda” dan “Langkah Kecilku”, Meisya Siregar sibuk mengurusi keluarga kecilnya. Bagaimana pasangan Meisya dan Bebi mengembangkan karakter anak-anaknya? Di antara agendanya yang super padat, Meisya tetap memperhatikan pendidikan putri-putrinya yang cantik. Meisya menyadari setiap anak memiliki sifat berbeda, si sulung Syabila (8) lebih sensitif dan adiknya, Louisa (2,5) lebih mudah bersosialisasi, cuek dan ceria. “Aku sangat bersyukur diberi kemudahan untuk hamil oleh Allah, aku tak mau menyia-nyiakan tanggung jawab yang diberikan Allah untuk mengurus titipan-Nya,” tutur Meisya.

“Aku sekarang semakin banyak membaca dan belajar bagaimana cara mendidik anak yang sensitif, tantrum, ataupun tidak sensitif. Ini semua karena aku ingin kedua anakku kelak lebih pintar dan lebih sukses dari orangtuanya,” tutur wanita yang sering menjadi MC di acara parenting ini. Dalam mendidik dan mengembangkan karakter anak, wanita berdarah Batak ini memiliki prinsip untuk tidak memanjakan anak.

6

Desember 2012 www.anakku.net

Foto : Ramos Pane • Pengarah Gaya: Andesi

Kembangkan karakter anak


jungle

www.anakku.net

Desember 2012

7


Menurutnya, hal tersebut akan sangat membantu anak, maupun orangtuanya, di kemudian hari agar anak jadi lebih kuat menghadapi hidup. “Anak harus dilatih bermental baja,” tutur Meisya, ketika ditanya apakah dirinya memanjakan anak-anaknya. Ditemui di rumah barunya di bilangan Fatmawati, Jakarta, Meisya menyatakan, daripada memanjakan anak, lebih baik mendorong bakat anak. “Contohnya Louisa, saat ini senang sekali nyanyi, jadi aku support dia untuk berlatih menyanyi,” katanya.

Sarapan mendekatkan keluarga Menjadi ibu sekaligus public figure menuntut bintang iklan Dancow Parenting Centre ini kreatif mengatur waktu untuk bermain bersama kedua putrinya. Prinsip presenter “Insert Investigasi” ini, meskipun sibuk tetapi keluarga tetap menjadi yang utama.” Aku tidak mau mengabaikan anak, pokoknya anak yang nomor satu,” aku Meisya. Saat sarapan pun dijadikan momen yang tepat untuk memperhatikan kebutuhan nutrisi untuk anakanaknya. Namun hal ini tidak dapat ia lakukan setiap hari lantaran harus syuting setiap pagi. “Biasanya kalau ada syuting jam 9 pagi, aku sempatkan sarapan bersama keluarga,” ujarnya. Aksi tak mau makan kerap dilakukan putri sulungnya, kadang ia merajuk tak mau makan. Karenanya Meisya

8

Desember 2012 www.anakku.net

harus kreatif membujuk makan tanpa harus memberikan mie instan. Wanita kelahiran 13 April ini menyadari pentingnya sarapan sebagai ‘bahan bakar’ aktivitas anak. Selalu memberikan makanan yang terbaik menjadi komitmen ibu bertubuh langsing ini. Walaupun demikian, terkadang puteri pertamanya sering protes ingin jajan di sekolah, namun Meisya menyiapkan trik sendiri. Apa itu? “ Supaya Syabila tidak jajan, aku selalu membuat makanan yang disukainya untuk bekal sekolah, misalnya pancake, roti dengan selai cokelat. Syukurlah ia mau,” terang Meisya dengan mata berbinar.

Ajari sayang adik sejak kecil Memiliki dua orang anak memang membuat rumah menjadi ramai dan ceria. Agar hubungan adik dan kakak selalu harmonis, sejak dini si sulung diajari tidak cemburu dengan adiknya. Meisya sadar betul terkadang memiliki adik membuat sang kakak cemburu. Untuk itu, bahkan sebelum sebelum hamil anak kedua, Meisya telah mempersiapkan agar Syabila sayang adiknya. “Sejak punya rencana hamil lagi, kami sudah memanggil Syabila dengan sebutan “kakak” agar ia terbiasa menjadi seorang kakak,” tutur Meisya. Setelah adiknya lahir, Meisya dan Bebi tidak pernah membanding-bandingkan Syabila, perhatian pun tetap sama. “Malahan aku lebih rajin memuji kakaknya saat ia mau dimintai tolong mengambilkan baju adiknya dengan

mengatakan, “Wah, kakak hebat sekali… pasti adik Louisa senang dan bangga punya kakak seperti kamu.” Dengan cara tersebut, diakui Meisya berhasil menumbuhkan kekompakkan keduanya, bahkan sekarang mereka tidur satu kamar berdua.

Bonding saat liburan Kesibukan kerja membuat pasangan selebritis ini menyiasati waktu dengan baik. Kebersamaan keluarga merupakan saat-saat yang indah dan sulit didapatkan. “Aku dan Bebi sepakat bila tidak ada kerjaan, weekend menjadi hari keluarga. Kita bisa seharian bermain bersama, di kamar ataupun berenang di rumah,” tutur Meisya. Agar bonding dengan anak lebih kuat, saat bermain bersama anak harus total dan melebur bersama. “Aku bisa seru-seruan main lempar bantal, main salon-salonan, atau main petak umpat bersama anak-anak.” Selain itu, berlibur juga merupakan cara merekatkan kebersamaan keluarga. ”Biasanya kita go show saja, tidak pakai direncanakan. Bulan lalu, Alhamdulillah karena aku dan Bebi mau membahagiakan orangtua dan ada rejeki, kita sekeluarga liburan ke Australia. Rencananya awal tahun 2013 kami berencana liburan ke Bali. Anak-anak sudah nggak sabar menunggu saat liburan tiba, mereka sudah berencana main di pantai,” tutur Meisya sambil memeluk kedua putrinya.


liputan anakku

Seminar Kesehatan Ikatan Bidan Indonesia Apa jadinya bila para bidan berkumpul? Jawabnya, mereka saling berbagi ilmu dan pengalaman. Inilah yang terjadi saat sekitar 500 bidan berkumpul di RS Sentra Medika, Cibinong, pada 10 November 2012, dalam rangka “Seminar kesehatan Ikatan Bidan Indonesia Cabang Kabupaten Bogor Kemitraan dengan PT Kimia Farma Tbk.” Dalam kesempatan ini, Dr. Johan Taolin, SpOG berbagi ilmu tentang “Penggunaan kondom kateter pada penanganan perdarahan post partum.” Seperti diketahui perdarahan post partum (PPP) adalah perdarahan setelah bayi dilahirkan yang mencapai 500 ml atau lebih. Itu sebabnya PPP merupakan penyebab kematian ¼ dari kasus kematian ibu di seluruh dunia. “Penyebab kegagalan dalam pertolongan terhadap PPP sering dihubungkan dengan adanya tiga kelambatan dalam mengambil keputusan merujuk, terlambat sampai di tempat rujukan, dan terlambat mendapat pertolongan yang adekuat di tempat rujukan. Too little done and too late,” papar Dr. Johan. Dalam kesempatan tersebut, Dr. Johan berbagi kepada para bidan tentang bagaimana pertolongan pertama yang dapat dilakukan bidan, agar ibu selamat pasca-persalinan. Selain para bidan yang haus meraup ilmu, acara ini juga dihadiri oleh Product Manager Asifit, Selvy Effendi, Ketua Ikatan

Bidan Indonesia (IBI) cabang Kab. Bogor, Hj. Ade Djubaedah, S.Sit. MM.Kes., serta GM SBU Farma Andi Prazos. Acara diskusi interaktif antara Dr. Johan dan peserta seminar semakin semarak dengan kehadiran women personality Maudy Koesnaedi, yang berbagi pengalaman saat menjadi ibu bagi putra semata wayangnya, Eddy. Peran bidan dalam menyehatkan ibu dan bayinya memang tak diragukan lagi. Bidan adalah lini pertama dalam menolong ibu bersalin. Sebagai lini pertama, diharapkan para bidan memiliki pengetahuan yang baik mengenai segala risiko yang dihadapi saat membantu persalinan. Melalui seminar yang menghadirkan pakar kebidanan dan kandungan seperti inilah, diperoleh wawasan dan ilmu yang up to date. Selain itu ajang pertemuan dengan sesama profesi, dapat juga menjadi ajang saling berbagi pengalaman di tempat praktik bidan.

www.anakku.net

Desember 2012

9


liputan anakku

Seminar Kesehatan Ikatan Bidan Indonesia Pada hari Minggu yang cerah, para bidan yang hendak mengikuti acara workshop hari ini terlihat sudah memadati gedung pertemuan Sucofindo, Pancoran, Jakarta. Tidak hanya workshop, acara yang dihadiri oleh 1200 bidan ini juga diramaikan oleh bazaar berbagai produk kesehatan, kebutuhan anak dan lain-lain. Acara ini kemudian dibuka oleh Dr. Didi Danukusumo, SpOG yang merupakan staf ahli di Divisi Feto-Maternal, SMF. Kebidanan dan Penyakit Kandungan, RSUP Fatmawati, Jakarta. Dalam materi yang disampaikannya, Dr. Didi menyampaikan pokok bahasan mengenai kegawatdaruratan maternal dan bagaimana penanganannya. “Perdarahan pascapersalinan adalah ancaman kematian yang serius bagi ibu yang baru melahirkan. Perdarahan postpartum ini dapat menyebabkan ancaman kematian pada 1 dari tiap 1.000 kelahiran,” tutur dr. Didi dalam penjabarannya. Setelah itu, Product Manager Asifit, Selvy Effendi ditemani oleh Brand Ambassador, Maudy Koesnaedi, berbagi bersama para bidan yang menjadi peserta acara ini tentang serba-serbi pemberian ASI kepada bayi. “Bayi yang diberi ASI terbukti memiliki daya tahan tubuh yang lebih tinggi daripada yang diberi susu formula,” ujar Selvy yang

10

Desember 2012 www.anakku.net

didukung oleh Maudy. “Betul sekali, anak saya pun jadi tidak gampang sakit karena mendapat ASI eksklusif,” ucap mama dari Eddy Meijer ini. Kemudian sampailah pada presentasi terakhir yang merupakan puncak dari acara ini. Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia (PP-IBI), Dr. Harni Koesno, MKM menyampaikan materinya yang diberi judul “Peluang dan Tantangan Bidan dalam Menghadapi Era Globalisasi”. Dr. Harni menyampaikan bahwa di masa kini, bidan menghadapi tantangan yang lebih besar, sekarang sudah tersedia pendidikan untuk S1 dan S2 kebidanan, ada MDG’s Goals yang harus dikejar, namun sayangnya distribusi bidan belum merata. “Namun peluangnya pun sama-sama lebih besar karena itu berarti bidan dapat meningkatkan pendidikan, dapat bekerja di tatanan pelayanan di desa, bekerja di luar negeri dan meningkatkan kompetensinya. Intinya, bidan di era globalisasi perlu meningkatkan kemampuannya untuk maju dan membantu lebih banyak ibu, terutama yang berada di berbagai pelosok tanah air,” ungkap Dr. Harni bersemangat. Semoga dengan diadakannya acara ini, maka akan lebih banyak lagi bidan yang dapat membantu menekan angka kematian anak dan ibu saat melahirkan serta membantu pemberdayaan perempuan di berbagai daerah.


www.anakku.net

Desember 2012

11


event anakku Ibu Peduli Alergi Atasi Alergi Susu Sapi Sejak Dini Pagi hari itu, Sabtu 3 November 2012, bertempat di ruangan serbaguna lantai 5 RS Santosa Bandung, para orangtua yang antusias mengikuti talkshow Ibu Peduli Alergi. Dibuka oleh Elok Satiti, Senior Product Manager dari Abbott Nutrition Indonesia. Ia mengemukakan pentingnya mengamati intoleransi protein susu sapi yang sering terjadi pada anak–anak di usia dini. Acara diteruskan dengan presentasi tentang nutrisi untuk tumbuh kembang optimal balita yang juga menyinggung sedikit banyak tentang protein susu sapi dari dr. Suzy Irawati Sjahid, SpA yang berpraktek di RS Santosa Bandung. Alergi dapat diturunkan dari orangtua, kakek atau nenek penderita. Jadi para peserta di minta mewaspadai gejala alergi yang mungkin timbul. Nutrisi seimbang adalah asupan makanan yang mengandung gizi lengkap sesuai yang dibutuhkan bayi dan anak pada masing-masing usia. Anak rentan terhadap alergi makanan. dan alergi susu sapi (ASS) merupakan jenis alergi makanan yang paling sering dijumpai pada anak usia kurang dari 2 tahun. ASS terjadi karena reaksi kekebalan tubuh terhadap protein yang terkandung di dalam susu sapi. Kemudian acara dilanjutkan dengan presentasi dari Elok Satiti dari Abbott

Nutrition yang menegaskan bahwa susu pertumbuhan berbahan dasar isolat protein kedelai (soya) dapat menjadi alternatif nutrisi yang dapat membantu tumbuh kembang anak usia 1 tahun keatas yang alergi susu sapi. Inilah tip memilih formula tepat untuk anak alergi susu sapi, beri formula yang memang bebas dari protein susu sapi, berkualitas tinggi dan terbukti secara klinis dapat membantu mengatasi gejala alergi susu sapi, juga mudah didapat.

1

2

3

Isomil Plus memiliki kelebihan: • Bebas laktosa dan protein susu sapi sehingga bisa dikonsumsi bagi anak yang mengalami alergi susu sapi. • Memiliki kandungan nutrisi penting untuk mendukung pertumbuhan anak secara normal, setara dengan susu sapi. • Kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

4

• Rasa yang enak dan disukai anakanak.. Acara ditutup dengan pengumuman pemenang lomba foto dan pengundian doorprize. Terima kasih atas partisipasinya. Sampai jumpa di acara selanjutnya.

5 (1) dr. Suzy Irawati Sjahid, SpA dan Ibu Elok Satiti memberikan penjelasan kepada peserta seminar (2) Antusias para peserta seminar di antrian meja registrasi (3) Perwakilan Abbott Nutrition memberikan informasi seputar Susu Isomil (4) Salah seorang peserta talkshow bertanya pada pembicara (5) Pemenang lomba foto Ibu Peduli Alergi.

12

Desember 2012 www.anakku.net


event anakku Nutrisi Penting Penunjang Anak Super Siapa yang menolak buah hatinya tumbuh menjadi anak cerdas dan sehat? Namun kualitas tersebut tidak akan serta merta muncul jika tidak ditunjang banyak faktor, salah satunya adalah nutrisi. Majalah Anakku bersama GainPlus Advance, GainSchool Advance dari Abbott Nutrition serta Omni Hospital Pulomas mengadakan talkshow bertema “Multinutrien untuk Tumbuh Kembang & Kreativitas Si Kecil” pada hari Sabtu, 3 November 2012 di Omni Hospital Pulomas, Jakarta. Para pembicara yang berbagi ilmu hari itu adalah dr. Caroline Mulawi, SpA dari Omni Hospital Pulomas serta dr. Wienie Purbosari dari Abbott Nutrion.

Tiga pilar penting Setelah kata sambutan dari FX. Raymond MARS, Direktur Omni Hospital Pulomas dan Reinhard Hutagaol dari Abbott Nutrition, dr. Caroline menguraikan presentasinya mengenai apa yang diperlukan anak dalam proses tumbuh kembangnya. “Kebutuhan dasar tumbuh kembang optimal seorang anak terdiri dari tiga pilar penting. Pertama adalah aspek fisik-biologis yang terdiri dari kelengkapan nutrisi, imunisasi, higienitas, olahraga dan bermain. Pilar selanjutnya adalah kasih sayang berupa rasa aman dan nyaman, dihargai,

1

2

3

4

(1) Presentasi dr. Caroline Milawi, SpA tentang nutrisi bagi tumbuh kembang anak. (2) Pertunjukan puppet oleh Kak Dwi membuat anak-anak bersemangat mendengarkan ceritanya. (3) Para pemenang doorprize voucher berlangganan Majalah Anakku bersama Pemimpin Redaksi, Desi Hariana. (4) dr. Wienie Purbosari sedang bertanya jawab dengan salah satu peserta seminar.

diperhatikan, dan penuh kegembiraan. Pilar terakhir adalah stimulasi kecerdasannya, baik sensorik, motorik, wicara, maupun kreativitas,” tuturnya. Khusus pada aspek nutrisi, anak membutuhkan menu seimbang yang terdiri dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan air. Termasuk juga di dalamnya adalah suplemen asam lemak baik seperti Omega 3, Omega 6, dan sinbiotik yang berperan penting untuk optimalisasi perkembangan kecerdasan dan kekebalan si kecil.

Brain and Bone “Kita telah mengetahui bersama bahwa nutrisi adalah salah satu pilar penting dalam pertumbuhan anak. Dalam pemilihan dan pemberian jenis makanan pada anak, ibu memang tak bisa asal pilih. Pilihlah makanan yang

mengandung nutrisi penting untuk perkembangan otaknya,” jelas dr. Wienie Purbosari. Abbott Nutrition peduli pada hal ini. Sebagai tambahan, anak-anak dapat diberikan susu GainPlus dan GainSchool dari Abbott yang mengandung ALA, LA, Kolin, Taurin, Zinc dan zat besi yang diperlukan untuk perkembangan kognitif anak serta mengandung minyak nabati, kalsium, fosfor dan vitamin D untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Acara ini juga diramaikan puppet show oleh Kak Dwi dan ditutup dengan pengumuman berbagai lomba seperti lomba foto Ibu dan Anak serta lomba mewarnai.

www.anakku.net

Desember 2012

13


anakku info

Penulis: Amalia Dwifarina Penerbit: Erlangga for Kids

Bosan berakhir pekan cuma ke mal? Tahukah anda kalau Jakarta memiliki banyak sekali museum? Agar jalan-jalan di akhir pekan tidak membosankan, yuk ajak si kecil ke museum. Begitu banyak benda langka dari masa lalu yang bisa kita lihat. Agar jalan-jalan semakin seru, ikuti gaya teman-teman kamu di museum lewat buku ini. Masuk museum ibarat memasuki sebuah mesin waktu, blaasss...! Tiba- tiba kita sudah berada di masa lalu. Seru! Nah, jangan lupa bawa buku ini sebagai panduan.

Natal Bersamamu Penulis: Julia Hubery Victoria Ball Penerbit: Erlangga for Kids

Rudolph Si Rusa Berhidung Merah Harga: VCD Rp 20.000

VCD

Buku ini bercerita tentang indahnya kisah Natal, penuh kejutan manis yang terbungkus dari orang terkasih. Buku bilingual untuk anak usia batita ini selain bisa mengakrabkan emosi antara orangtua dan anak juga dapat mengasah kemampuan bahasa si kecil, daya imanjinasi, dan kreativitasnya.

Film Natal Istimewa ini mengikuti petualangan Rudolph muda di satu malam sebelum Natal yang penuh badai. Dikucilkan oleh rusa lainnya karena hidung merahnya, Rudolph menjadi pahlawan saat dia menggunakan hidungnya sebagai lampu penuntun untuk membantu Sinterklas mengantar hadiah kepada anakanak di seluruh dunia.

Diabetes Bisa Dicegah Seseorang tidak serta merta menderita diabetes mellitus (DM), melainkan terkait dengan gaya hidup. “Hipertensi, merokok, gula darah, merupakan pencetus terjadinya DM. Rokok menyebabkan insulin resisten. Akibatnya, orang dengan DM yang merokok mengalami komplikasi yang semakin kompleks. Selain itu, pada orang yang merokok, ginjalnya makin cepat bocor, dan berujung pada cuci

14

Desember 2012 www.anakku.net

darah,� papar dr. Tri Juli E. Tarigan, SpPD, Ketua Jakarta Diabetes Meeting (JDM) 2012, saat seminar media di Jakarta, 6 November 2012. Pencegahan DM yang paling murah adalah dengan mengubah gaya hidup (lifestyle), dibandingkan obatobatan. Tetapi seringkali pasien DM perlu obat karena tidak bersungguhsungguh dalam mencegah DM.

Agenda

Buku

Serunya Museum di Jakarta


anakku info

Liga Bola Paddle Pop Moo

Cinema 4D

Jelang liburan sekolah dan tahun baru, Cinema 4D The Jungle, Bogor, meluncurkan film Frankenstein yang menceritakan perjalanan menakutkan dalam laboratorium Dr. Frankenstein. Suasana terasa semakin menegangkan dengan paduan efek teknologi 4 Dimensi, disempurnakan dengan efek getaran, hembusan angin, dan cipratan air sehingga penonton benar-benar hanyut dalam tiap adegan film yang berdurasi 15 menit ini.

Proses seleksi tim futsal terbaik menggelar puncaknya di acara Grand Final Liga Bola Paddle Pop Moo pada 18 November 2012 lalu di lapangan futsal STC, Senayan Jakarta. Ajang futsal bagi siswa Sekolah Dasar (SD) kelas 1-4 se-Jabodetabek ini menyaring 31 tim menjadi 4 tim terbaik, memperebutkan total hadiah sebesar 25 juta rupiah serta kesempatan mendapatkan sesi coaching clinic dari Kim Jefrey Kurniawan bagi juara pertama. Selain kompetisi futsal, diadakan juga lomba yel-yel siswa/siswi dari sekolah-sekolah yang berpartisipasi.

Selain itu juga ada film berdurasi 5 menit berjudul Ruin. Film futuristic ini membuat penonton merasa serunya dikejar dan ditembaki musuh. Adrenalin Anda akan terpacu saat muncul adegan kebut-kebutan di medan jalan penuh rintangan. “Dua film terbaru dari Cinema 4D The Jungle itu diharapkan bisa menjadi pilihan liburan menarik bagi masyarakat”, kata Zakky Afifi, General Manager The Jungle.

Kehadiran Paddle Pop All Stars seperti Mario Lawalata, Kurnia Sandy dan Yusuf “Madun” Mahardika. Kurnia Sandy, mantan kiper timnas Indonesia, memberikan apresiasi mendalam terhadap gelaran. Paddle Pop juga sigap memberikan kejutan dengan mengajak mengajak tim pemenang untuk bertanding bersama Paddle Pop All Stars. Seru!

“Frankenstein” di The Jungle

Agenda

Jakarta Kids Festival 2012 lagi bisa mencorat-coret mobil dengan bebas? Anak senang, orangtua pun tak kalah tenang. Apa pasal? Karena para orangtua bisa ‘melahap’ ilmu dari diskusi dengan pakar mengenai “Matematika ASI” dan “Breastfeeding 911”.

Semua yang serba untuk anak hadir pada 24-25 November 2012 lalu di Kota Kasablanka. Ya, jika tahun lalu ada Kids Fashion Week dan Ayahbunda Preschool Fair, tahun ini, kedua keriaan tersebut dirangkum menjadi satu acara besar, Jakarta Kids Festival 2012. Gelaran karya Femina Group ini layaknya one stop place untuk bemain, belajar, dan bersenang-senang, Jakarta Kids Festival menggelar berbagai aktivitas dan program acara yang dibagi ke

dalam empat area atau kategori, yaitu Play, Learn, Grow, dan Baby & Nursery. Tak hanya menggambar seru dan story telling, anak-anak bisa mengasah keterampilannya di Stack and Build Playground, berani main kotor di Sensory Messy Playground, atau bersenang-senang dengan face painting, nail art, yoga for kids, dan masih banyak lagi. Serunya lagi, anakanak senang menggambar di atas mobil Mazda keluaran terbaru. Kapan

Hanya dengan Rp50.000 untuk memiliki FG (Femina Group) Pass anak-anak bisa ikut berkegiatan di beberapa booth yang memang harus menggesek kartu tersebut. Sisanya, si kecil bebas mencoba dan bersenang-senang di hampir seluruh booth yang tersedia tanpa biaya. Belum lagi di atas panggung digelar atraksi dari beragam preschool yang sungguh menggemaskan. Bagi yang belum sempat berkunjung, semoga Jakarta Kids Festival akan hadir kembali tahun depan, ya!

www.anakku.net

Desember 2012

15


maj

alah

ana

kku

surat anda

Usul tema artikel

Dear Redaksi Majalah Anakku, Kami sekeluarga sangat menyukai artikel-artikel dari majalah Anakku yang sangat bermanfaat bagi kami sekeluarga. Saya usul agar redaksi sesekali membuat artikel tentang “Teman Curhat Bunda di Saat yang Tepat”. berdasarkan pengalaman pribadi saya melihat perilaku mama lain yang menurut saya ‘kurang’ tepat saat membicarakan hal-hal tertentu di depan anak-anak. Terima kasih. Eny Mardiana S., Bintaro Hai Ibu Eny. Wah, tema yang bagus sekali untuk suatu saat kami tulis, ya. Terima kasih atas masukannya dan akan kami bawa ke rapat redaksi.

Bila Anda memiliki:  pertanyaan untuk redaksi  pertanyaan untuk para dokter ahli  artikel menarik hasil karya Anda sendiri  foto anak untuk menjadi model

Menjadi penulis lepas

Anakku

Dengan hormat, Saya pria 30 tahun asal Yogyakarta. Saya tertarik menjadi penulis lepas Majalah Anakku karena mencintai dunia anak. Saat ini saya juga memiliki seorang putra laki-laki berusia 6 bulan sehingga kesempatan ini sekaligus menjadi ajang meningkatkan pengetahuan di bidang anak. Bagaimana caranya, ya? Antonius Wicaksono, Yogyakarta

 foto menarik tentang

Dear Bapak Antonius, Terima kasih atas atensinya, nama dan nomor kontak Anda sudah ada dalam daftar kami. Sekiranya suatu saat kami membutuhkan bantuan untuk peliputan, terutama di daerah Anda, kami akan segera menghubungi.

Jln. Kayu Putih Selatan

Mengirimkan artikel psikologi

Dear Redaksi Anakku, Saya seorang psikolog pendidikan dan ingin menanyakan kemungkinan untuk mengirim artikel psikologi ke Majalah Anakku. Kira-kira, bagaimana prosedurnya? Seandainya artikel saya tidak layak, apakah saya mendapat pemberitahuan mengenai hal tersebut? Terima kasih. Rangga Dewati vie email Dear Ibu Rangga, Terima kasih atas atensinya. Kirim artikel yang Anda buat ke alamat atau email redaksi yang tercantum di halaman ini. Jika tidak dimuat memang tidak ada pemberitahuan dari kami, namun jika dalam 1 (satu) bulan tidak ada kabar dari kami, Anda berhak mengirimkannya ke media lain.

16

Desember 2012 www.anakku.net

tingkah polah anak

Kirimkan pada kami: Majalah Anakku No. 74 Jakarta Timur Telp. : 021-4786 3434 (Hunting) Faks. : 021-4786 4954, E-mail : redaksi@anakku.net Kami tunggu, ya!


anakku news

topik utama

Ibu sebagai ‘queen of the family’ memiliki tugas yang luar biasa dalam menjaga dan mendidik si kecil. Kesiagaan ibu saat anak mengalami kecelakaan kecil atau kemampuan untuk mencari cara agar anak makan adalah beberapa ‘tugas’ tersebut. Selain itu, ibu juga dapat menciptakan bonding yang erat dengan mengajak keluarga berkomunikasi secara hangat.

18 Membentengi si kecil dari kecelakaan di rumah 22 Ibu sadar gizi 27 Komunikasi dalam keluarga 30 Beraktivitas bersama anak

Aufa ph ot o b y N a th a l Ad ji e

www.anakku.net

Desember 2012

17


Foto : Ramos Pane • Pengarah Gaya: Andesi

topik utama

Membentengi Si Kecil dari Kecelakaan di Rumah Siapa bilang rumah merupakan tempat yang aman? Beberapa kecelakaan bisa terjadi di rumah. Apa saja? Suatu penelitian di sebuah negara Eropa menunjukkan dalam setahun, angka kejadian kecelakaan yang sering terjadi di rumah adalah jatuh (78,2%), luka atau lecet (terbanyak karena tergores/58,6%), luka bakar (kebanyakan karena air panas/54,5%), dan keracunan sekitar 1%. Beberapa penelitian juga menunjukkan kemasukan benda asing (telinga atau hidung), tersedak, dan tenggelam merupakan kecelakaan yang bisa terjadi. Kecelakaan di rumah biasanya berhubungan dengan usia dan tingkat perkembangan anak. Pada usia dini, bayi belajar untuk meraih dan bergulingguling. Saat usianya menjelang satu

18

Desember 2012 www.anakku.net

tahun, anak belajar untuk berdiri, merangkak mengambil berbagai barang di sekitarnya. Demikian pula anak yang lebih besar mampu memanjat, menemukan benda yang disembunyikan. Saat usia anak, ia berlari-lari di rumah, dan kecelakaan bisa terjadi begitu cepat.

Jatuh Bagi bayi, bahaya terjadi saat berada di tepi tempat tidur, meja ganti, atau sofa. Usia satu tahun, saat ia belajar merangkak, tangga bisa menjadi tempat yang paling berbahaya. Sedangkan untuk usia prasekolah, anak kerap terjatuh dari kursi, tangga, jendela, bahkan balkon. Tapi tak mungkin

melarang si kecil melakukan berbagai aktivitas, bukan? Jadi, apa yang bisa dilakukan? - Pastikan si kecil tak bisa berguling di atas meja ganti, awasi selalu saat ia berada di atasnya. - Jangan meletakkan ayunan berpegas di atas meja. - Pastikan jendela tak bisa dibuka lebar, gunakan penahan hingga jendela tak bisa dibuka lebih dari 10 cm. - Jauhkan kursi atau meja yang bisa dipanjat dari depan jendela atau balkon. - Jangan meletakkan barang di tangga dan pastikan pencahayaannya. - Pastikan pegangan tangga tak bisa dipanjat anak, beri pagar pengaman bila perlu. - Pastikan pintu menuju balkon terkunci selalu. - Dapur, rak pajangan, meja makan merupakan tempat yang amat menarik buat si kecil, pastikan furnitur tak mudah terbalik atau tak bisa dipanjat.


Keracunan

Pecahan gelas adalah benda yang paling sering membuat luka berdarah pada anak. Bagaimana penanganannya?

Sering kali keracunan disebabkan obat, produk pembersih, dan kosmetik. Mungkin satu botol obat penurun panas baginya seperti sebotol sirup manis yang bisa saja habis ditenggak.

• Perhatikan apakah luka berdarah atau tidak, jika tidak usapan akan mengurangi rangsang nyeri di sekitar area yang terkena. • Jika ada lecet tetapi darah tidak banyak, bersihkan luka dengan air mengalir dan sabun. Setelah itu, keringkan dengan kassa steril dan berikan cairan antiseptik. • Hindari benda-benda tajam yang berpotensi menyebabkan luka.

Luka bakar Paling sering disebabkan minuman panas, terutama pada usia di bawah lima tahun, di mana, rasa ingin tahu besar tapi belum mengerti konsep bahaya. Ditambah lagi kulit mereka sangat sensitif. Selain minuman panas, air mandi panas, setrikaan, peralatan masak, api kompor, pelurus rambut, rokok, atau benda penghasil panas lain dapat menyebabkan si kecil kecelakaan. Bagaimana mencegahnya? • Matikan segera peralatan eletronik setelah habis dipakai dan letakkan jauh dari jangkauan anak. • Minuman panas diletakkan jauh dari jangkauan anak. • Sebelum mandi, pastikan airnya tak terlalu panas. • Dapur adalah area berbahaya untuk anak-anak, pastikan ia diawasi saat berada di sekitar dapur. • Gunakan pendeteksi asap dalam ruangan dan pastikan alat tersebut bekerja.

• Jauhkan berbagai zat beracun dari jangkauan anak. • Zat kimia sebaiknya disimpan dalam tempat aslinya. Menyimpan zat kimia dalam botol lain dapat mengecohkan. • Buanglah obat dan zat kimia yang sudah tak terpakai. • Bila Anda curiga anak minum sesuatu, lihat cairan apa yang ada di sekitarnya, berapa kira-kira jumlah yang diminum. Bila Anda tak tahu jenis cairannya, cium bau mulutnya dan segera bawa ke dokter. Apalagi bila anak menurun kesadarannya.

Tersedak Tanda tersedak mudah diketahui, anak biasanya terbatuk-batuk kemudian menangis. Bila berat, anak biasanya tak bisa bicara, sulit bernapas, tak bisa batuk, bibir biru, hingga kesadaran menurun. Bila masih bayi, tengkurapkan bayi di pangkuan dengan kepala lebih rendah dan tepuk punggungnya. Untuk anak lebih besar, minta ia membungkuk dan tepuk punggungnya agak keras. Bila benda tersebut tak juga keluar, lakukan tekanan abdominal yang disebut manuver Heimlich. Ini hanya dilakukan untuk anak usia satu tahun ke atas.

Foto : Istimewa

• Tenangkan tangisan anak dengan pelukan atau usapan lembut di sekitar luka.

Foto : Ramos Pane • Pengarah Gaya: Andesi

Luka atau tergores

Manuver Heimlich • Berdirilah di belakang anak. • Lingkarkan tangan di sekitar. pinggang anak, mintalah ia sedikit membungkuk ke depan. • Kepalkan tangan Anda, posisikan di atas pusar anak.

www.anakku.net

Desember 2012

19


• Pegang kepalan tangan Anda dengan tangan yang lainnya, sentakkan ke arah atas dan dalam perut secara cepat, seolah-olah Anda akan mengangkat anak dari belakang. • Lakukan sebanyak lima kali berturut-turut, kemudian evaluasi, dan ulang lagi jika perlu. • Sementara itu mintalah bantuan. Referensi: 1. American college of emergency physician. Home first aid kit. Available at www.emergencycareforyou.corg

Bila Anda curiga anak minum sesuatu, lihat cairan apa yang ada di sekitarnya, berapa kira-kira jumlah yang diminum. Bila Anda tak tahu jenis cairannya, cium bau mulutnya dan segera bawa ke dokter.

Foto : Ramos Pane • Pengarah Gaya: Andesi

2. D, Kendrick, B, Young, AJ MasonJones, et al. Home safety education and provision of safety equipment for injury prevention. Cochrane Database Syst rev. 2012; Sep 12;9:CD005014

20

Desember 2012 www.anakku.net


iklan

www.anakku.net

Desember 2012

21


Foto : Ramos Pane • Pengarah Gaya: Andesi

topik utama

Ibu Sadar Gizi dr. Ika Fitriana

Penelitian menunjukkan kebanyakan ibu hanya memiliki waktu sedikit untuk mempersiapkan masakan dan acapkali tak bisa duduk, makan bersama anakanaknya. 22

Desember 2012 www.anakku.net

Para ibu mengharapkan anak-anak ikut membantu tetapi hal itu malah membuat meja makan berantakan. Banyak ibu juga bingung dengan sedikitnya variasi menu yang anak-anak mau. Hal ini menunjukkan para ibu menginginkan suatu program kreatif untuk membantu mereka merencanakan menu praktis namun sehat.

Biasakan anak ikut serta Meskipun awalnya Ibu mengorbankan lebih banyak waktu karena mengikutsertakan anak dalam persiapan makan, penelitian menunjukkan ini berhubungan dengan asupan lemak yang lebih rendah dan asupan sayur buah serta makanan bergizi lebih tinggi pada si anak. Mungkin hal itu karena selama persiapan (belanja makanan, masak, hingga merapikan meja), secara tidak langsung Anda turut mendidik pola makan yang sehat untuk mereka. Anak akan belajar betapa bermanfaatnya

nutrisi yang bergizi dan bagaimana memilih makanan sehat terutama saat mereka besar nanti.

Jika orangtua bekerja Ibu yang bekerja berusaha untuk makan bersama keluarga, tetapi sering kali mereka tak makan bersama. Ibu cenderung makan cepat-cepat karena ingin menyuapi anak atau membereskan ini itu. Padahal cara ibu makan sayur dan buah ternyata terbukti menentukan selera anak terhadap sayur dan buah. Cara ibu yang multi-tasking selama waktu makan memengaruhi kebiasaan makan sehat anak kecuali mereka melihat ibundanya juga punya pola makan yang sehat. Penelitian dengan metode focus group discussion ini juga menemukan keluhan para ibu, yakni kurang bervariasinya pilihan menu si kecil.


www.anakku.net

Desember 2012

23


Foto: Isitimewa

Cara ibu yang multitasking selama waktu makan memengaruhi kebiasaan makan sehat anak kecuali mereka melihat ibundanya juga punya pola makan yang sehat.

Tip memilih makanan sehat  Rancanglah menu untuk satu minggu, dua minggu, atau satu bulan sesuai dengan jadwal belanja ibu, sertakan anak-anak dalam menentukan menu. Umumnya untuk bahan makanan segar, ibu dapat merancang secara mingguan.

 Saat berbelanja di supermaket, Hal ini membuat mereka lebih pusing lagi mengatur menu. Anak pemilih (picky eater) membuat mereka cenderung lebih sulit memenuhi kebutuhan gizi perhari dan asupan buah sayur adekuat. Ibu menjadi stres dan bereaksi terhadap mulut anak yang rapat saat disuapi makanan sehat. Kembali lagi, role modeling yang aktif lebih baik untuk mengubah pola makan anak, juga dengan menyediakan berbagai makanan sehat dengan olahan bervariasi. Menyediakan buah dan sayur di setiap waktu makan secara signifikan memengaruhi konsumsi makanan sehat.

habiskan sebagian besar waktu di konter buah dan sayur. Pilihlah buah dan sayur dengan berbagai warna karena memiliki vitamin yang bervariasi.

 Pilih makanan yang paling sedikit diproses yang terbuat dari gandum utuh. Misalnya oatmeal, sereal untuk sarapan, roti gandum, dan seterusnya. Ambil makanan dengan setidaknya 4 gram serat sekali saji dan kandungan gula paling sedikit. Ingatlah gula pasir mengandung kalori tinggi tapi tak memiliki sumbangsih nutrisi.

 Pilihlah susu seusai dengan Permasalahan para ibu bekerja lagilagi adalah bagaimana mereka bisa menyediakan waktu bersama anak secara berkualitas di meja makan, tanpa harus pusing dengan menu yang sulit. Harapan tentang ide-ide menu yang cepat, mudah, dan sehat, serta pentingnya makanan bervariasi adalah petunjuk sebenarnya ibu sadar gizi.

24

Desember 2012 www.anakku.net

umur. Anda membutuhkan susu rendah lemak, sementara anak sekolah lebih baik mengonsumsi susu tinggi kalori untuk aktivitasnya. Susu merupakan sumber vitamin D dan kalsium yang sebaiknya dikonsumsi anak dua kali sehari. Untuk

memudahkan Anda dapat membeli susu yang sudah ditakar perporsinya, seperti satu kemasan yoghurt atau susu cair untuk sekali minum.

 Untuk sumber protein dan asam amino, Anda bisa memilih daging, ikan, atau unggas. Dianjurkan mengonsumsi dua porsi ikan tiap minggu. Pilihlah bagian daging yang bebas lemak, daging unggas tanpa kulit, dan pastikan sesuai dengan porsi yang dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan gizi.

 Makanan siap saji yang mengandung sayur dan buah bisa memenuhi kekurangan nutrisi si kecil. Jus jeruk 100%, dan pizza yang dibekukan, dapat menjadi penganan sehat dibandingkan dengan camilan sekedar tinggi gula

 Penganan yang dikeringkan atau kalengan boleh saja dipilih agar lebih praktis. Pilih buah atau sayur kalengan untuk dicampur ke dalam sup, salad, atau pasta.

 Bacalah baik-baik kandungan gizi dalam tiap penganan yang Anda ambil, perhatikan kalori per porsi, kandungan serat, vitamin, dan mineral.


Resep + penata saji: Yeni Ismayani, S.Pd Foto: Shandy (Ph. Food Stylish)

www.anakku.net

Desember 2012

25


Tahukah Anda? Foto: Istimewa

• Memasak sayuran dengan panci terbuka dapat membuat beberapa kandungan vitamin dan mineral menguap. Jadi tutuplah panci setiap kali memasak sayur.

Apa yang Dibutuhkan Si Kecil? Dr. Erwin Lukas, SpA RS Hermina Bekasi

Sering kali ibu bertanya-tanya, sudah cukupkah asupan gizi buat si kecil? Apalagi bila si kecil tengah banyak aktivitas. Catatan kecil ini mungkin bisa menjadi panduan ibu.

Panduan jenis makanan untuk anak usia >1 tahun 1. Variasikan makanan tinggi kalori (susu, daging, nasi atau penggantinya, buah atau sayur) tiap hari. 2. Makanan atau minuman dipersiapkan dengan hanya menambahkan sedikit garam atau gula. 3. Lemak • Usia 1-2 tahun, tidak ada batasan. • Usia 2-3 tahun, 30-35% asupan energi total. • Usia 4-18 tahun, 25-35% asupan energi total. 4. Protein atau daging • Gunakan daging rendah lemak. • Buah dan sayuran. • Variasi jenis atau warna tiap hari. • Lebih baik tidak dijus (maksimal ½ bagian boleh berupa jus). 5. Susu sapi • Usia 1-2 tahun: 2 -3 gelas/hari, whole milk. • Usia >2 tahun: 2-3 gelas/hari, bebas/rendah lemak.

26

Desember 2012 www.anakku.net

Panduan makan anak usia >3 tahun Orangtua menentukan: Apa, kapan, dan dimana. Sedangkan soal jumlahnya anak lah yang menentukan. 1. Jadwal • Jam makan yang teratur, cemilan diantara makan besar (yang juga terjadwal). • Waktu makan tidak lebih dari 30 menit. • Saat makan tidak diselingi makanan lain, kecuali air putih. 2. Lingkungan • Tidak memaksa anak makanan, tidak sambil bermain atau menonton TV. • Jangan pernah memberikan makanan sebagai hadiah. 3. Prosedur • Porsi kecil, padat lebih dahulu, cair terakhir. • Biasakan makan sendiri. • Makanan disingkirkan bila dalam 10-15 menit anak hanya main atau melempar makanan sambil marah. • Membersihkan mulut hanya dilakukan bila proses makan telah selesai.

• Menuangkan air panas pada susu akan membuat beberapa protein susu terurai dan tak berfungsi lagi. Tuangkan dahulu air dan pastikan suhunya suam kuku baru kemudian masukkan susu sesuai takaran. • Sarapan pagi adalah kunci aktivitas. Siapkan sarapan secara serius untuk seluruh keluarga. Memulai hari dengan nutrisi yang cukup akan membuat anak-anak konsentrasi belajar. Pilihlah menu yang sarat gizi tapi tak terlalu mengenyangkan. • Perhatikan apa yang diminum anak. Minum air putih, jus buatan sendiri atau susu jauh lebih baik dibandingkan minum es teh manis, soda, atau minuman rasa buah. Minuman seperti ini hanya menyumbang gula tinggi tanpa nutrisi.

Referensi: 1. Fulkerson, JA, Kubik, MY, Rydell, S. Et al. Focus groups with working parents of school-age children: what’s needed to improve family meals? J Nutr Educ Behav. 2011 May-Jun; 43(3):189-193. 2. Kim, SA, Grimm, KA, May, AL. et al. Strategies for pediatric practitioners to increase fruit and vegetable consumption in children. Pediatr Clin N Am 58 (2011) 1439–1453.


topik utama Komunikasi & pengasuhan anak

Komunikasi Efektif

dalam Keluarga

Di era keterbukaan informasi, komunikasi dapat dilakukan melalui berbagai cara. Bagaimana bentuk komunikasi yang efektif dalam keluarga dan apa yang dapat orangtua lakukan untuk mendorong terwujudnya hal ini? Karina Adistiana, M.Psi

Komunikasi efektif terjadi ketika pesan yang disampaikan diterima secara tepat oleh pihak kedua. Menurut Peterson (2009), komunikasi efektif adalah karakteristik penting dari sebuah keluarga yang sehat dan kuat. Melalui komunikasi efektif, keluarga dapat mengekspresikan kebutuhan, keinginan, dan perhatian satu sama lain. Komunikasi yang buruk biasa ditemui dalam hubungan keluarga yang tidak sehat dan seringkali diasosiasikan dengan risiko masalah antara suami-istri dan perilaku pada anak. Komunikasi efektif dalam keluarga perlu dibangun sejak dini diantara anggota keluarga. Orangtua, khususnya ibu yang umumnya paling banyak berinteraksi dengan anak, memegang peran penting dalam mendorong terciptanya komunikasi efektif. Ada 3 hal penting yang menjadi kunci, yaitu mendengar aktif, menggunakan I-Messages, dan menyesuaikan komunikasi dengan usia anak.

Foto : Ramos Pane • Pengarah Gaya: Andesi

Pendengar aktif Ketika berkomunikasi, baik orangtua maupun anak tak hanya menyampaikan kalimat, namun juga mengekspresikan emosi. Peterson menjelaskan menjadi pendengar aktif melibatkan usaha terbaik untuk memahami sudut pandang seseorang. Sedangkan Gordon (dalam Brooks, 2005) menyoroti pentingnya mendengar aktif dari sudut pandang respons orangtua ketika anak mengekspresikan perasaannya. Orangtua perlu mendengarkan kalimat anak, menyoroti emosi yang diekspresikan, dan berespons dengan memperhatikan yang disampaikan anak. Misalnya ketika anak tiba-tiba menyatakan

www.anakku.net

Desember 2012

27


tidak mau main bersama kakaknya, orangtua sebaiknya menahan diri untuk tidak langsung memarahi anak. Cobalah untuk berempati, misalnya dengan berkata, “Sepertinya kamu sedang ada masalah ya dengan kakak?” Reaksi ini lebih mendorong anak untuk mengekspresikan emosi dan mungkin menyampaikan kekesalannya. Orangtua dapat mencoba untuk lebih banyak mendengarkan dan menyampaikan penerimaan terhadap ekspresi anak misalnya dengan berkata “Ibu ngerti kamu sedang kesal. Nanti kalau sudah tidak kesal main lagi, ya”. Hal yang perlu diingat dalam mendengar aktif ini orangtua sebaiknya tidak sembarangan menebak maksud dan emosi anak. Cobalah mengklarifikasi dengan bertanya “Maksudnya bagaimana?” Manfaat mendengar aktif menurut Brooks (2005): 1. Mendorong anak mengekspresikan perasaan secara efektif dan langsung. Ketika perasaannya diterima, anak merasa dipahami dan belajar kesamaan mereka dengan orang lain.

28

Desember 2012 www.anakku.net

2. Orangtua dan anak belajar bersama bahwa terkadang masalah yang tampak tak selalu masalah yang nyata. Anak belajar mengenali reaksi emosinya dan dengan bimbingan orangtua melihat masalah yang nyata serta mencari alternatif solusi.

kan perasaan tersebut; dan menyatakan alasan perilaku anak membuat orangtua terganggu. Misalnya “Ibu merasa kesal kalau kamu tidak bereskan mainan kamu karena Ibu jadi tidak bisa menyapu”.

3. Cara untuk memahami. Terkadang mendengarkan ekspresi perasaan anak sudah cukup untuk menyelesai-kan masalahnya karena mungkin anak hanya perlu dipahami dan mendapat pembenaran terhadap emosinya.

Brooks menambahkan cara I-Message juga dapat digunakan untuk menyampaikan apresiasi, misalnya “Ibu senang kamu mau bereskan mainan jadi kita ada waktu tambahan untuk pergi bersama”. Ketika menggunakan cara ini, orangtua juga jadi memperhatikan kebutuhan pribadinya yang terkadang lupa terperhatikan dan anak belajar tentang reaksi orangtua yang sering kali tidak didapat bila orangtua hanya memarahi anak. Melalui cara ini, anak juga mendapat kesempatan melatih pemecahan masalah untuk merespons I-Messages orangtua. Pada balita, cara ini membantu anak melatih kepekaan pada kebutuhan orang lain.

Menggunakan I-Messages Ketika orangtua merasa terganggu dengan perilaku anak, tak jarang marah atau membentak, atau juga mendiamkan. Orangtua dapat mencoba I-Messages yaitu menyampaikan pesan dan perasaan pribadi sebagai orangtua (“Ibu mau”/“Ibu perlu”/ “Ibu merasa”). Gordon (dalam Brooks, 2005) menjelaskan cara ini terbagi atas 3 bagian: menyatakan secara jelas tentang perasaan orangtua, menyatakan bagaimana perilaku anak menyebab-

Menyesuaikan komunikasi dengan usia anak Kemampuan bahasa dan keterampilan sosial anak berkembang seiring bertambahnya usia dan pengalaman, dan


Foto : Ramos Pane • Pengarah Gaya: Andesi

hal ini turut memengaruhi komunikasi. Orangtua sebaiknya mencari banyak informasi tentang tahap perkembangan anak dan mengamati perilaku anak serta menggunakan komunikasi yang sesuai usia anak. Pada anak bayi dan batita misalnya orangtua dapat menggunakan bahasa sederhana dan mudah dipahami anak. Tak perlu menggunakan cara anak bicara seperti misalnya bicara cadel pada anak, tapi pilihlah kata yang sudah anak kuasai. Remaja yang terkadang ingin dianggap dewasa, ada baiknya orangtua lebih banyak mendengar dan melibatkan mereka untuk memikirkan perilakunya dibandingkan dengan langsung menyuruh mereka melakukan sesuatu. Salah satu tantangan yang dihadapi keluarga masa kini adalah kurangnya waktu bersama. Dalam membangun komunikasi efektif di keluarga, baik kualitas maupun kuantitas komunikasi sama pentingnya. Di tengah kesibukan seluruh anggota keluarga, ada baiknya bila orangtua dapat mengoptimalkan berbagai kesempatan untuk berkomunikasi dengan anak dan saling mengenal lebih dalam. Cobalah untuk mengenal lingkungan sekitar anak, mengenal teman-temannya, pendapatnya tentang berbagai peristiwa dan mencari tahu hal-hal yang menarik baginya sehingga dapat menjadi topik bicara, khususnya dengan remaja yang sedang mengeksplorasi hubungan sosial dengan teman sebaya. Referensi: 1. Pound, L. & C.Harrison. Supporting Musical Development in the Early Years. Buckingham: Open University Press. 2003. 2. Peterson, Rick. Families First-Keys to Successful Family Functioning Communication. http://pubs.ext. vt.edu/350/350-092/350-092.html. 2009.

Ingat! • Perhatikan kontak mata. Sejajarkan mata kita dengan mata anak, posisikan tubuh Anda sama tinggi dengan anak. • Berbincang di waktu yang tepat, redam emosi Anda dulu baru berkomunikasi. • Hindari suara yang mengganggu konsentrasi anak saat Anda berbicara dengannya, misalnya dengan mematikan TV dan radio. • Biasakan kejujuran dan keterbukaan dalam keluarga sehingga anak merasa nyaman dan berani menyampaikan perasaannya. • Tunjukkan konsentrasi dan minat terhadap pendapat dan emosi anak. Tanyakan pendapat dan perasaan mereka tentang apa yang Anda sampaikan. • Berkreasi dengan berbagai alat komunikasi. Gunakan musik, permainan, ataupun dongeng. Anda akan kaget melihat pertambahan kosa kata dan perkembangan komunikasi anak, khususnya pada anak usia dini setelah Anda menggunakan berbagai cara ini. Storr (dalam Pound & Harrison) menyatakan bahwa manusia menari dan menyanyi sebelum bicara. Musik dapat dipakai untuk mengajari anak untuk memahami tentang adanya timbal balik dalam pola komunikasi. • Luangkan waktu bersama anak. Matikan alat komunikasi 1-2 jam ketika Anda bersama anak, agar Anda bisa lebih intens ngobrol bersama mereka.

www.anakku.net

Desember 2012

29


topik utama

Beraktivitas

Bersama Anak

Usia prasekolah adalah masa paling tepat memperkenalkan aktivitas fisik karena perkembangan motoriknya tengah berkembang cepat. Suatu penelitian menunjukkan aktivitas fisik anak dipengaruhi oleh sikap, perilaku, dan aktivitas orangtuanya. Dr. Michael Triangto, SpKO RS Mitra Kemayoran

Olahraga merupakan syarat menuju hidup lebih sehat. Tak ada salahnya mengajak buah hati Anda terbiasa berlatih sedini mungkin. Bukan berarti Anda harus langsung mengenalkan jenis olahraga tertentu, yang lebih penting menanamkan sikap sportivitas serta disiplin pada aturan. Tanamkan kepada si kecil bahwa pada olahraga terdapat kalah menang, kompetisi yang sportif. Dan yang penting, harus dilakukan secara teratur.

Latihan bersama si kecil (bayi - prasekolah) Membiasakan latihan jasmani bersama bayi Anda yang paling mudah ajak ia berjalan-jalan atau berguling- guling bersama Anda. Berlari bersama hewan kesayangan, menendang bola bersama, dan banyak hal lagi yang menunjukkan Anda berpola hidup aktif dan akan menjadi contoh dini untuk si kecil tentang pola hidup yang sehat.

Latihan jasmani di usia sekolah

30

Desember 2012 www.anakku.net

Foto : Ramos Pane - Pengarah Gaya: Andesi

Kebiasaan akan terbentuk setelah si kecil di atas usia tiga tahun dan kebiasaan ini biasanya berlanjut hingga dewasa. Untungnya secara natural, kita memang diciptakan aktif. Pada usia empat tahun, anak-anak mulai dapat dilibatkan dengan latihan yang sebenarnya, misalnya bersepeda dan jogging bersama, atau bermain bola dengan berbagai aturan


Foto : Ramos Pane - Pengarah Gaya: Andesi

topik utama

sebelumnya. Pada usia 10 tahun, anak yang terbiasa aktif secara konsisten, misalnya satu jam perhari, akan berkurang risikonya untuk mengalami kelebihan berat badan saat dewasa. Berkompetisi merupakan salah satu cara membuat anak Anda yang sudah bersekolah mau aktif olahraga. Mengenal aturan dan membentuk jiwa serta bersikap sportif. Misalnya, berlomba antara Anda dan buah hati dalam suatu permainan bulutangkis, bermain futsal bersama hingga selesai, dan banyak lagi. Anda bisa mendukung kesukaannya berolahraga dengan cara menawarkan untuk ikut suatu klub olahraga sesuai dengan yang ia minati dan menyediakan segala kebutuhannya untuk berolahraga.

Pilihan latihan jasmani yang dapat Anda lakukan: Pada usia 2-6 tahun, anak lebih diajak untuk berlatih sambil bermain dengan gerakan dasar seperti lompat, lari, dan lempar.

Usia 2-3 tahun: Anak sedang dalam fase perkembangan motorik kasar, koordinasi tubuhnya masih belum sempurna, sehingga masih perlu diawasi. Bila bermain bola, berikan bola yang besar namun ringan (terbuat dari plastik), agar bisa dilempar kesana-kemari. Kemampuan bereaksi masih belum berkembang. • Berlari dan berjalan di lapangan ataupun taman bermain. • Bermain ayunan di lapangan atau taman bermain. • Bermain di air dengan pengawasan orangtua.

Usia 4-6 tahun:

Cara lain berolahraga adalah dengan beraktivitas di rumah sambil mengisi waktu luang, seperti menari mengikuti musik, membereskan rumah secara bersama-sama. Tunjukkan pribadi yang aktif dan bahwa aktif itu menyenangkan. Intinya saat ini tak memaksakan anak untuk suatu aktifitas fisik yang Anda suka, sebaliknya, tawarkan aktifitas yang ia suka.

Koordinasi gerak tubuh sudah lebih baik. Anak tengah belajar keseimbangan. Latihan yang cocok antara lain: • Menari. • Latihan jasmani sambil bermain seperti jalan berjingkat atau petak umpet. • Lompat tali. • Lempar tangkap bola. • Bermain sepeda roda empat sambil berlatih untuk menggunakan sepeda roda dua.

Latihan jasmani bersama si remaja

Usia 7 tahun ke atas

Di usia ini, anak sudah memiliki dunia sendiri bersama teman-temannya. Mereka lebih senang menghabiskan waktu bersama teman sekolahnya. Remaja biasanya lebih sulit untuk diajak latihan jasmani, apalagi dengan aktivitas belajar yang memuncak. Pada masa ini, latihan jasmani benar-benar sesuai dengan yang diinginkan anak, dan anak bisa melihat hasilnya. Kesadaran anak tentang pentingnya latihan jasmani untuk pola hidup sehat harus mulai terbentuk, salah satunya dengan menjadi teladan baginya.

Setelah usia enam tahun, keterampilan motorik dan sensorik semakin membaik, mereka akan siap untuk ikut dalam suatu tim olahraga. Anak semakin mengenal adanya aturan (rules) dalam setiap olahraga.

Menyediakan perlengkapan olahraga seperti treadmill atau sepeda statis amat membantu anak untuk menyediakan waktu di rumah berlatih meski sedang menonton televisi, atau mungkin chatting dengan temannya. Tak masalah jika ia lebih senang berolahraga dengan temantemannya dibanding dengan orangtua, yang terpenting adalah penanaman pola hidup sehat telah dibentuk.

Usia 7-10 tahun Anak semakin terampil menggunakan ketangkasan kakinya. Latihan yang cocok, antara lain sepak bola, baseball, senam, renang, tenis, bersepeda, dan golf.

Usia 10 tahun ke atas Anak bisa melakukan olahraga yang lebih spesifik, sesuai dengan kesukaannya. Misalnya olahraga angkat beban, tentu saja dengan beban yang disesuaikan. Ikut sertakan anak dalam klub olahraga dan perlombaan tertentu, untuk mengasah rasa percaya dirinya. Referensi: 1. Breuer C, Decreasing sports activity with increasing age? Findings from a 20-year longitudinal and cohort sequence analysis. - Res Q Exerc Sport - 01-MAR-2009; 80(1): 22-31. 2. Kang KD, Sports therapy for attention, cognitions and sociality. - Int J Sports Med - 01-DEC-2011; 32(12): 953-9.

www.anakku.net

Desember 2012

31


info sehat Rule of ten

untuk operasi sumbing

Patokan yang biasa dipakai adalah “Rule of Tenâ€? meliputi berat badan lebih dari 10 pon (5 kg), Hb lebih dari 10 gram% dan usia lebih dari 10 minggu. Jika bayi belum mencapai rule of ten pemberian nutrisi tetap dilakukan dengan memperhatikan agar celah sumbing bibir tidak semakin lebar. Salah satu cara adalah bayi disusui ­dengan kepala menghadap ke atas membentuk sudut 45Âş dengan menggunakan botol khusus untuk bayi penderita sumbing bibir.

Vitamin D dan ISPA Vitamin D diketahui memiliki peranan penting dalam metabolisme kalsium dan kesehatan tulang. Belakangan ini, vitamin D dalam tubuh ternyata dapat menurunkan risiko beberapa penyakit, termasuk infeksi saluran napas akut (ISPA). Vitamin D dapat meningkatkan cathelicidin dan memodulasi sel darah putih sehingga membantu melawan bakteri dan virus. Vitamin D dapat dibentuk oleh kulit setelah terpapar cahaya ultraviolet (UV) B dari sinar matahari. Namun pembatasan paparan sinar matahari dengan pakaian dan sunscreen tetap penting agar terhindar dari risiko kanker kulit. Foto: Istimewa

Sumbing bibir maupun langit-langit mulut merupakan kondisi yang umum ditemukan di sekitar kita. Pembedahan untuk koreksi celah bibir maupun langitlangit mulut terdiri dari beberapa tahap sesuai usia anak. Pada tahap sebelum operasi, perlu dipersiapkan ketahanan tubuh bayi menerima tindakan operasi, asupan gizi yang cukup dan usia yang memadai.

Ibu HIV Menyusui Pada Desember ini, kita memperingati Hari AIDS Sedunia. Demi meningkatkan kesadaran mengenai bahaya dan penyebaran HIV/AIDS, kita memang harus selalu mengupdate pengetahuan kita mengenai penyakit ini. Di berbagai negara maju, ibu dengan HIV positif tidak direkomendasikan untuk menyusui. Namun, di negara berkembang, angka kematian anak yang tidak menyusui cukup tinggi, akibat malnutrisi dan penyakit infeksi. Hal ini dianggap lebih penting daripada risiko penularan HIV. Jika memang ada keterbatasan finansial sehingga ibu tidak dapat memberikan susu formula, sebaiknya anak diberi ASI eksklusif. Penelitian terakhir menemukan bahwa ASI eksklusif selama 6 bulan disertai terapi obat anti-retroviral menurunkan risiko terkena HIV-1 setelah lahir. Namun sebaiknya jangan mencampur ASI dengan susu formula karena hal ini justru dapat meningkatkan risiko bayi tertular HIV.

32

Desember 2012 www.anakku.net


anakku sehat Pemberian ASI pada bayi baru lahir sampai usia 2 tahun ternyata bukan hanya sekadar untuk mencukupi nutrisnya. Pemberian ASI ternyata juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk menciptakan bonding antara ibu dengan si bayi serta mencegah banyak penyakit berbahaya di masa dewasanya nanti.

34

ASI: Memperkuat bonding

& cegah obesitas? 38 Bayi lahir besar rentan obesitas 41 Lebih dekat mengenal Meningitis

44 Ruam: Antara alergi atau 足Infeksi? 47 Jangan abaikan kesehatan kaki anak 49 Hindari anak teracuni obat 52 Sarapan: Modal utama aktivitas anak

Kimmy Ph o to by Nat h al Ad hi e

www.anakku.net

Desember 2012

33


Foto : Ramos Pane • Pengarah Gaya: Andesi

0-1 tahun

ASI:

Memperkuat Bonding & Cegah Obesitas

Tak terbantahkan, ASI memiliki berbagai manfaat yang sangat dibutuhkan oleh bayi baru lahir. Bukan hanya karena kandungan nutrisi, namun juga memperkuat bonding dan mencegah obesitas. Dr . Je an n e R o o s Tik o al u, Sp A RS Puri In dah , J ak arta

Penting diketahui oleh ibu bahwa menyusui tidak hanya memberikan keuntungan dari sisi nutrisi, namun juga dari sisi psikologi anak dan perlindungan kesehatannya di masa yang akan datang. ASI adalah cara yang tepat menunjukkan kasih sayang Anda pada si kecil yang sedang bertumbuh. Berikan ia kesempatan untuk mendapatkan yang terbaik dan Anda telah membuat keputusan yang tepat.

34

Desember 2012 www.anakku.net

Bonding dengan si kecil Saat para ahli membicarakan tentang apa itu bonding atau kelekatan, sebenarnya kata tersebut mengacu pada perasaan yang intens atau ketertarikan yang kuat antara orangtua dengan anaknya. Ini adalah perasaan yang membuat Anda ingin memberikan apa saja yang terbaik untuk si kecil dan rela berkorban nyawa demi mereka.

Bagi sebagian orangtua, kelekatan ini dapat terjadi di hari pertama, bahkan menit-menit awal kala si kecil lahir. Namun bagi sebagian ibu mungkin dibutuhkan waktu lebih lama. Awalnya, para ahli yakin bahwa proses kelekatan ini dibangun pada hari-hari pertama dalam hidup bayi Anda, dan terus berkembang dari waktu ke waktu. Orangtua yang terpisah dari bayi mereka dalam beberapa waktu karena


alasan medis selama beberapa minggu atau bulan sekalipun masih dapat mengembangkan kelekatan ini dengan baik.

Saat kelekatan tidak terjadi dengan segera Tenang saja, Anda tidak sendirian. Kelekatan antara orangtua dan bayinya adalah sebuah hubungan yang rumit dan kadang membutuhkan waktu. Selama Anda tetap berusaha untuk berada di dekatnya, mengurus kebutuhannya dan memeluk si kecil dari waktu ke waktu, maka sedikit demi sedikit perasaan ‘jatuh cinta’ itu akan muncul juga dengan sendirinya. Kelekatan ini juga dapat muncul melalui saat-saat indah memberikan ASI. Saat menyusui, otak ibu mengeluarkan hormon endorfin yang menimbulkan rasa senang dan cinta. Dengan sentuhan dan kontak mata, saat-saat menyusui ini menjadi cara yang sangat efektif untuk memperkuat kelekatan (bonding) antara ibu dan anak. Anda harus ingat bahwa walaupun si kecil adalah makhluk menggemaskan yang enak untuk digendong dan diciumi, namun ia juga seseorang yang baru dalam hidup Anda. Jadi tak heran jika Anda merasa harus beradaptasi dengannya dan segala perubahan setelah ia lahir. Ketika Anda mulai mengenal kebiasaannya dan belajar bagaimana menenangkan dirinya dan menikmati kehadirannya, rasa sayang Anda pada si kecil pun akan semakin dalam.

Kapan Anda perlu khawatir? Jika dalam beberapa minggu Anda merasa di dalam hati tidak juga tumbuh rasa cinta bahkan makin tidak merasa nyaman dengan keberadaan bayi Anda, sempaikanlah hal ini pada

dokter anak, dokter kandungan atau bidan. Kemungkinan Anda menderita baby blues atau depresi pascapersalinan dan jika tidak segera diatasi dapat menjadi hambatan dalam menghadirkan kelekatan dengan bayi Anda sendiri. Jangan sampai depresi pascapersalinan ini dibiarkan berlarut-larut karena semakin sulit juga untuk diatasi. Bayi Anda tetap membutuhkan kehadiran Anda di sisinya dan memberikan kasih sayang seperti yang ia butuhkan. Dalam hal ini, baik ibu maupun ayah memiliki tanggung jawab yang sama untuk membuat ibu sehat kembali. Itu sebabnya kala ibu sedang dilanda kelelahan, ayah harus siap untuk berbagi tugas pengasuhan dan turut waspada jika ibu menunjukkan tanda-tanda baby blues.

Menyusui cegah obesitas Selain memunculkan kelekatan antara ibu dengan bayinya, menyusui juga ternyata dapat membantu bayi untuk mengatasi risiko obesitas di masa

dewasanya nanti. Apalagi masih banyak stigma yang beredar di Indonesia bahwa anak gemuk adalah anak yang sehat. Padahal, jika berat badan anak sudah tergolong ke dalam obesitas, hal yang menggemaskan tadi akan mewujud menjadi kondisi kesehatan yang buruk di masa depannya nanti, seperti risiko diabetes, gangguan sendi, tingginya tekanan darah dan kolesterol, serta sudden infant death syndrome (SIDS). Bayangkan, berapa banyak biaya kesehatan yang harus dikeluarkan untuk mengobati berbagai gangguan tersebut? Selain itu, betapa anak akan kehilangan banyak sekali kesempatan untuk ‘menjelajahi’ dunianya jika dibayang-bayangi risiko tersebut. Berkaca pada pepatah “mencegah lebih baik daripada mengobati”, salah satu usaha untuk mencegahnya adalah dengan memberikan air susu ibu (ASI). Sebenarnya, bagaimana mekanisme pencegahan obesitas pada bayi tersebut?

www.anakku.net

Desember 2012

35


Anak yang menyusu pada ibunya memiliki pengaturan lapar-kenyang yang ia kontrol secara mandiri dan sesuai dengan kapasitas perutnya secara alami. Ibu mengartikan anak ‘kenyang’ ketika anak melepas putingnya dan ‘lapar’ jika anak menangis minta disusui. Jarang ibu yang memaksakan melanjutkan menyusui jika anak sudah tidak mau menyusui. Dengan demikian, indikator lapar-kenyang tidak ditentukan faktor luar seperti jam wajib menyusui, habisnya susu di botol, dan sebagainya. Anak pun mendapatkan jumlah asupan sesuai dengan yang benar-benar ia butuhkan.

Mudah menerima makanan baru Keinginan untuk mencoba makanan baru merupakan kunci utama dalam pencegahan obesitas. Mengapa? Karena pola makan yang sehat juga meliputi keinginan untuk mengonsumsi makanan yang bervariasi, khususnya buah-buahan dan sayuran. Aroma dan ‘rasa’ ASI tentunya berbeda-beda tiap harinya bergantung dari apa yang sang ibu makan. Sedangkan susu formula memiliki rasa yang sama. Karenanya, bayi yang minum ASI akan memiliki pengalaman rasa yang kaya dan merupakan ‘modal’ utama dirinya untuk kelak mampu menjalani pola makan yang lebih sehat.

Gaya hidup ibu menyusui Selain faktor biologis, terdapat kemungkinan lain yang menjadikan ASI berperan sebagai pencegah obesitas anak. Tuntutan untuk terus bisa menyusui dengan baik biasanya diikuti dengan kebiasan ibu menjalani hidup sehat demi produksi ASI dengan jumlah cukup dan kualitas yang prima. Kebiasaan tersebut kelak akan terus

36

Desember 2012 www.anakku.net

dibawa sampai si anak lepas ASI dan anak diajak untuk bersama-sama melakukan pola hidup sehat, seperti memilih asupan yang bervariasi, melakukan olahraga secara teratur, dan sebagainya. Kemudian, apakah durasi pemberian ASI memengaruhi efek dari pencegahan obesitas? Ya, pemberian ASI sampai dengan bayi berusia 9 bulan (walau setelah 6 bulan diberikan makanan pendamping ASI) menurunkan risiko terkena obesitas sebesar 4%. Bahkan, jika dibandingkan dengan bayi yang tidak pernah diberi ASI, bayi yang masih mendapatkan asupan ASI sampai 9 bulan, mengalami penurunan risiko terkena obesitas sampai 30%! Peran terbaik ASI dalam hal itu terlihat pada bayi-bayi yang mendapatkan ASI eksklusif.

ASI adalah hak setiap bayi Salah satu hak asasi anak yang dilansir oleh PBB adalah hak hidup sehat. Hal tersebut meliputi hak mendapatkan asupan terbaik, yaitu ASI pada masa minimal 6 bulan pertamanya sampai 2 tahun. Oleh karenanya, menjaga jarak kelahiran dengan alat kontrasepsi yang ‘ramah’ terhadap produksi ASI

Referensi: 1. www.webmd.com, Forming a Bond with Your Baby – Why it Isn’t Always Immediate. 2. Centre for Disease Control and Prevention (CDC). Does Breastfeeding Reduce the Risk of Pediatric Overweight? Research to Practice. Juli, 2007.

merupakan sarana terbaik agar anak mendapatkan haknya.

3. Bailey, D. Breastfeeding fight Obesity. 2006.

Foto : Ramos Pane • Pengarah Gaya: Andesi

Kontrol lapar-kenyang


www.anakku.net

Desember 2012

37


0-1 tahun Bayi Lahir Besar

Rentan Obesitas? Berat badan (BB) bayi lahir normal adalah 2.500 gram sampai dengan 4500 gram, bayi di bawah 2.500 gram mengkhawatirkan, begitu juga bayi dengan berat badan berlebih. Beberapa sumber mengatakan berat badan di atas 4.000 gram sudah dianggap besar, tetapi American College of Obstetricians and Gynecologists mengatakan berat di atas 4.500 gram. Ada lagi yang membagi berdasarkan derajatnya, yaitu: • derajat satu, bila BB 4.000-4.499 gram • derajat dua, bila BB 4.500-4.999 gram • derajat tiga, bila lebih dari 5.000 gram Apapun definisi yang dipilih, bayi berbadan besar tak selalu sehat. Pada saat perkembangannya dalam kandungan, janin dapat tumbuh berlebihan secara simetris karena faktor genetik, tetapi bisa juga terjadi asimetri, biasanya karena lingkungan dalam kandungan yang “kaya gula” (diabetik) yang ditandai dengan lingkar dada dan perut yang membesar, lebih besar dibandingkan dengan lingkar kepala. Inilah yang perlu diperhatikan, oleh orangtua yang memiliki bayi besar.

38

Desember 2012 www.anakku.net

Ibu bisa mengetahui apakah perkembangannya simetri atau tidak dari pengukuran tertentu melalui ultrasonografi (USG). Meskipun demikian, pengukuran ini tergantung pada usia kehamilan dan posisi bayi saat diperiksa. Bayi besar sebenarnya sudah bisa diprediksi dalam kandungan dengan berbagai pemeriksaan dari mulai pemeriksaan fisik hingga USG saat ibu pemeriksaan rutin ke dokter kandungan.

Foto : Ramos Pane • Pengarah Gaya: Andesi

Buah hati Anda berbobot besar saat dilahirkan? Lucu sih memang. Tapi, hati-hati ada ancaman kesehatannya di kemudian hari.


www.anakku.net

Desember 2012

39


Foto : Istimewa

 Ibu menjaga kenaikan berat badan sesuai dengan masa kehamilan. Ibu yang obesitas lebih sering memiliki bayi besar, begitu juga yang kenaikan berat badannya sangat banyak. Ibu berisiko melahirkan bayi besar, bila:

 ibu diabetes,  kehamilan lewat waktu,  ibu dan/atau ayah juga berbadan besar,

 sudah melahirkan banyak anak,  ibu kegemukan,

 naik berat badan terlalu banyak saat hamil,  pernah melahirkan bayi besar sebelumnya,  bayi laki-laki,  usia ibu di atas 35.

Bayi yang besar asimetri dihubungkan dengan penyakit diabetes pada ibu. Bayi besar seperti ini harus diwaspadai karena dampaknya setelah persalinan. Ini disebabkan bayi ikut “menjadi” diabetes akibat diabetes pada ibunya yang tak tertangani.

Ibu diabetes berdampak pada bayi Tingginya kadar gula darah saat ibu hamil memengaruhi lingkungan gula pada aliran darah bayi, sehingga bayi memproduksi insulin yang berlebihan. Insulin adalah hormon yang berperan membawa gula ke ke dalam sel agar dapat digunakan. Hasilnya, bayi menjadi gemuk. Namun setelah bayi lahir, aliran darah dari ibu berhenti dan bayi tak lagi berada di lingkungan kaya gula, sebaliknya produksi insulin masih berlanjut. Sehingga bayi-bayi yang lahir besar dari ibu diabetes sebaiknya perlu perawatan lebih intensif untuk mencegah kekurangan gula darah akibat tingginya kadar insulin.

Bisakah dicegah? Bayi yang besar secara genetik tidak akan bisa diubah, berbeda dengan penyebab bayi besar lain seperti diabetes pada ibu, kegemukan, lahir lewat waktu, dan sebagainya. Pencegahan bertujuan menjaga bayi tumbuh tak terlalu berlebihan. Sebab bayi besar mudah mengalami komplikasi, seperti macet pada bahu saat lahir atau menyebabkan luka jalan lahir hingga robek rahim.  Deteksi dini dengan pemeriksaan gula darah pada saat kehamilan, biasanya saat usia 20 minggu kehamilan. Bila terbukti diabetes, ibu perlu mengendalikan kadar gula darah agar minimal berdampak pada bayi

40

Desember 2012 www.anakku.net

 Ibu dengan riwayat bayi besar lebih cermat menjaga berat badan tanpa melupakan nutrisi bergizi.  Mengingat dengan baik kapan waktu prediksi persalinan si buah hati agar tak terlewat sehingga mencegah kehamilan lewat waktu karena risiko melahirkan bayi besar meningkat. Dokter akan segera mengintervensi bila waktu prediksi persalinan terlewat. Bila dalam kandungan, bayi sudah terdeteksi besar, langkah selanjutnya adalah mengantisipasi komplikasi yang mungkin terjadi, bila mungkin persalinan dengan operasi, selain ibu mengatur diet yang lebih baik.

Bayi besar mudah obesitas? Bila bayi terlahir besar, apakah yang bisa terjadi? - Berisiko memiliki kadar gula darah lebih tinggi dari bayi normal (toleransi glukosa terganggu). - Kegemukan di masa yang akan datang. - Mudah terjadi sindrom metabolik yaitu kumpulan gejala seperti tekanan darah meningkat, kadar gula darah tinggi, lemak perut yang lebih banyak, dan kadar kolesterol tidak normal hingga risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes saat ia besar nanti menjadi lebih tinggi. Suatu penelitian epidemiologi menunjukkan bayi yang lahir besar mudah gemuk di kemudian hari dan berisiko mengidap penyakit akibat kegemukan, terutama bila gaya hidup tak sehat dan memiliki bakat (genetik) untuk gemuk. Apalagi bila bayi besar ini disebabkan oleh diabetes yang diidap oleh ibundanya. Untungnya kebanyakan bayi akan baik-baik saja dan hal ini bisa dicegah dengan persiapan kehamilan yang baik, terutama bagi para ibu yang memang sudah memiliki diabetes atau kegemukan. Referensi: 1. Aschee, FAV Holemans K, Aerts L. Long term consequences for offspring of diabetes during pregnancy. British Medical bulletin 2001;60. 2. Leveno, K. Cunningham G. Macrosomia. William obstetric 24ed. 2009.


Foto : Ramos Pane • Pengarah Gaya: Andesi

1-3 tahun

Lebih Dekat Mengenal Meningitis merupakan penyakit yang bersifat gawat darurat. Bagaimana mengetahui penyakit ini secara dini?

Meningitis dr. F adh ilah Harris, Sp A R S Dr. M o ewardi So l o

Meningitis adalah peradangan selaput otak dan sumsum tulang belakang atau disebut juga meninges. Peradangan ini dapat disebabkan oleh virus atau bakteri, namun lebih banyak disebabkan oleh bakteri. Bakteri yang sering menyebabkan meningitis adalah Streptococcus pneumonia, Neisseria meningitidis, dan Haemophilus influenza tipe b (Hib). Bakteri penyebab tersebut awalnya berasal dari infeksi bagian tubuh lain, lalu beredar menuju meninges melalui pembuluh darah. Infeksi tersebut dapat berupa infeksi telinga, mastoiditis, infeksi saluran napas. Pada bayi baru lahir sumber infeksi dapat berasal dari flora normal vagina ibu. Kelemahan daya tahan tubuh (contohnya pada infeksi HIV) dapat memperberat kondisi penyakit meningitis.

Segera bawa ke dokter Gejala yang terjadi pada meningitis termasuk: • Pada neonatus terjadi demam, disertai dengan tidak nafsu makan, muntah, diare, bercak kemerahan, kaku leher, ubun-ubun menonjol, rewel, atau gelisah. • Anak yang lebih besar dapat terjadi demam, nyeri kepala, mual, muntah, kaku leher, bingung, atau sulit dibangunkan. • Pada meningitis berat dapat terjadi kejang dan penurunan kesadaran. Anak yang memiliki gejala tersebut harus segera dibawa ke dokter karena meningitis bakterialis adalah keadaan gawat darurat.

www.anakku.net

Desember 2012

41


Pada bayi baru lahir sumber infeksi dapat berasal dari f lora normal vagina ibu. Kelemahan daya tahan tubuh (contohnya pada infeksi HIV) dapat memperberat kondisi penyakit meningitis. Selain pemeriksaan fisis yang dilakukan oleh dokter, pemeriksaan penunjang juga diperlukan. Pemeriksaan penunjang yang dilakukan termasuk:

Kultur darah. Sampel darah diambil untuk dikultur di laboratorium untuk mencari adakah bakteri di dalam darah. Secara normal tidak terdapat bakteri di dalam darah. Hasil kultur darah dapat membantu memutuskan antibiotik mana yang terbaik untuk digunakan. Pemeriksaan radiologi. Pemeriksaan ini bukan merupakan pemeriksaan yang rutin dilakukan karena tidak dapat memastikan penyebab meningitis. Pada beberapa kasus, pemeriksaan radiologi seperti CT scan dapat membantu. Tujuan pemeriksaan ini untuk membantu menentukan apakah aman bila dilakukan pungsi lumbal bila terdapat kondisi lain yang mungkin mempengaruhi keadaan anak (misalnya perdarahan atau tumor otak). Pengobatan meningitis bakterialis dengan antibiotik biasa- nya dilakukan segera setelah pemeriksaan darah dan pungsi lumbal dilakukan. Antibiotik diberikan melalui infus intravena bukan melalui oral karena antibiotik oral tidak dapat masuk ke otak dan cairan sumsum tulang. Lama pengobatan tergantung dari hasil kultur dan perbaikan keadaan anak. Referensi: Kaplan SL, Pentima CD. Meningitis in children. Dalam: UpToDate, Basow, DS (Ed), UpToDate, Waltham, MA, 2012.

Bagaimana mencegah meningitis? Infeksi meninges merupakan hal yang berbahaya namun dapat dicegah. Berbagai vaksin yang diberikan pada anak menurunkan risiko terjadinya meningitis yang disebabkan oleh bakteri maupun virus. Vaksin-vaksin tersebut termasuk: vaksin pneumokokus (PCV), meningokokus, Hib, polio, influenza, varicella, campak, dan mumps, measles, and rubella (MMR). Selain itu, anak-anak yang kontak langsung dengan pasien yang memiliki gejala meningitis sebaiknya dipisahkan dari kontak tersebut hingga sembuh. Pencegahan termudah adalah dengan mencuci tangan dan menjaga kebersihan.

42

Desember 2012 www.anakku.net

Foto : Ramos Pane • Pengarah Gaya: Andesi

Pungsi lumbal. Pemeriksaan ini dilakukan menggunakan jarum untuk mengambil cairan otak dan sumsum tulang (cairan serebrospinal) melalui rongga antar tulang belakang. Walaupun nyeri, pemeriksaan ini harus dilakukan untuk mencari penyebab gejala meningitis dan bila disebabkan oleh bakteri, antibiotik apa yang cocok.


www.anakku.net

Desember 2012

43


Foto : Ramos Pane • Pengarah Gaya: Andesi

3-5 tahun

Ruam: Alergi atau Infeksi?

Begitu melihat adanya ruam di kulit, sebagai orangtua mungkin Anda khawatir apakah ini berbahaya atau tidak. Beberapa mungkin hanya karena alergi, tetapi bisa juga merupakan gejala suatu penyakit serius seperti demam berdarah, campak, atau infeksi virus lainnya. Penyebab lain mungkin saja bakteri yang harus diobati dengan antibiotik yang sesuai.

Apakah ada riwayat kontak dengan orang lain dengan gejala sama?

Bintik-bintik merah atau ruam di kulit seringkali sulit dibedakan penyebabnya. Inilah beberapa petunjuk untuk para ibu.

44

Desember 2012 www.anakku.net

Beberapa penyakit seperti cacar air ataupun campak biasanya didahului oleh kontak di sekitar anak. Misalnya si kakak yang lebih dulu terinfeksi kemudian adik mulai muncul bintik-bintik. Bila hal ini terjadi, kemungkinan penyebab adalah kuman dan bukan alergi.


Apakah disertai gatal? Bila gatal sangat menonjol apalagi anak atau orangtua memiliki riwayat alergi, kemungkinan bintik merah disebabkan alergi tak bisa disingkirkan. Biasanya muncul bintik merah pada area kulit tertentu dan simetris, misalnya di kedua tangan, kedua kaki, atau kedua pipi. Bisa serentak setelah makan sesuatu dan sangat gatal.

Berapa usia anak? Munculnya bintik-bintik kemerahan yang rata namun sebagian cembung (Anda meraba kulit yang merah dan teraba tidak rata, bintil kecil-kecil) pada anak-anak. Biasanya disebabkan infeksi virus, sedangkan pada orang dewasa harus dipikirkan juga disebabkan oleh obat.

Apakah nyeri? Sebagian besar bintik-bintik merah tidaklah nyeri, tetapi pada kondisi tertentu bisa disertai nyeri misalnya alergi obat berat seperti sindrom Stevens-Johnson atau penyakit Kawasaki.

Di area tubuh mana? Lokasi ruam merah bisa menjadi petunjuk yang mengarah pada penyakit tertentu. Apakah ada telapak tangan, telapak kaki, selaput lendir, wajah, kulit kepala, bagian tertentu dari tungkai atau tangan? Ruam biasanya tidak terjadi di telapak tangan dan kaki, dan bila muncul di area tersebut menunjukkan penyakit yang cukup khas. Misalnya gejala ruam pada penyakit Kawasaki atau Rubella dapat mengenai telapak kaki dan tangan, namun campak tidak. Lokasi pertama kali ruam muncul juga penting, misalnya campak biasanya dimulai dari area pelipis atau batas rambut dan dahi kemudian menyebar ke pusat tubuh kemudian baru tungkai dan lengan.

www.anakku.net

Desember 2012

45


Apakah disertai demam? Gejala demam dapat membantu menyingkirkan berbagai kemungkinan. Demam menunjukkan adanya infeksi, meski alergi obat juga bisa menyebabkannya. Demam dan bintikbintik merah sering disebabkan infeksi virus yang bisa sembuh sendiri. Tetapi tetap waspada bila melanjut atau anak tampak sakit, lemas, tak mau makan, mungkin juga gejala tersebut disebabkan bakteri yang memerlukan antibiotika. Bintik merah yang tak hilang pada penekanan disertai demam bisa disebabkan demam berdarah dengue atau kuman lainnya yang berbahaya. Apalagi bila anak tampak sakit berat.

Siapa saja yang berisiko tinggi alergi? Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), bayi dengan risiko tinggi alergi adalah bayi dengan riwayat alergi yang kuat dalam keluarga, yaitu • 5-15% berisiko terkena alergi, bila kedua orangtua tidak memiliki riwayat alergi. • 20-40% berisiko terkena alergi, bila salah satu orangtua memiliki riwayat alergi. • 40-60% berisiko terkena alergi, bila kedua orangtua menderita alergi.

Referensi: Ely, JW, Stone MS. Differential diagnosis of skin rash. American Family Physician, March 2010 Vol 81, issue 6.

Semua ini dapat mengarahkan diagnosis menjadi lebih tajam, namun tentunya hal ini belum mengarah pada satu kesimpulan hingga diperlukan pemeriksaan oleh yang ahli. Pada beberapa penyakit, dengan menggabungkan antara riwayat dan pemeriksaan fisik sudah mengarah pada diagnosis, namun tak jarang pemeriksaan darah bahkan biopsi kulit diperlukan. Konsultasikan ke dokter lebih lanjut.

Beberapa penyebab ruam yang sering terjadi Cacar air. memiliki ciri khas ruam yang bermacammacam, dimulai dari bintil merah berisi air seperti luka bakar berukuran kecil, lalu memecah, mengering, dan akhirnya meninggalkan krusta. Meskipun sebagian besar tidak berbahaya, pada anak terutama yang malnutrisi alias kurang gizi, cacar air dapat menyebabkan radang paru-paru, kerusakan otak, bahkan kematian. Urtikaria. Bentuk ruam lebih ke arah bentol-bentol berukuran besar dengan dasar kulit yang merah cerah, gatal sekali hingga membuat anak tak bisa tidur. Bisa disebabkan alergi.

46

Desember 2012 www.anakku.net

Biang keringat. Gangguan kulit ini mengakrabi mereka yang tinggal di negara tropis, dan terjadi akibat saluran keringat tertutup. Ciri khasnya bintilbintil amat kecil berwarna merah atau merah jambu, yang muncul di daerah tertutup atau banyak keringat seperti dahi, leher, punggung, bahu.

Hand-foot-and mouth disease. Gejalanya dimulai dengan demam diikuti dengan sariawan yang nyeri, lalu muncul ruam yang tak gatal, bisa disertai dengan bintil berisi air di kaki, tangan, dan kadang di bokong serta kaki. Menular lewat batuk, bersin, atau lewat sentuhan tangan.


>5 tahun

Foto : Ramos Pane • Pengarah Gaya: Andesi

iklan Jangan Abaikan

Kesehatan Kaki Anak

Dr . M eidy H. Trian g t o , Sp K F R Ki d ’s F o o t R eh abilit atio n C en ter RS M i tr a Keluarg a K el ap a Gadin g J ak art a

Rehabilitasi bentuk kaki yang sudah telanjur tidak normal jauh lebih sulit saat anak telah melewati masa balita. Agar kaki anak tumbuh sempurna, orangtua perlu memberi perhatian dan perawatan yang benar pada kaki balita. Jangan sampai anak tumbuh besar dengan kelainan pada bentuk kakinya.

Masalah kesehatan kaki seringkali masih diabaikan oleh orangtua. Padahal bila terlambat diketahui (lewat masa balita) maka kelainan ini lebih sulit ditangani. Tapi, itulah kenyataannya. Anak-anak tidak memperoleh perhatian tentang tumbuh kembang pada kedua kakinya. Kelalaian ini umumnya terjadi karena orangtua terlalu sibuk sehingga balita lebih banyak berada di bawah pengawasan pengasuhnya.

www.anakku.net

Desember 2012

47


Waspadai sejak dini Saat anak mulai berjalan dan usia 1,5-2 tahun, sudut lutut biasanya berbentuk O. Batasannya 8 derajat dan dianggap normal dengan jarak ukuran 4 cm dari kedua lututnya. Pada usia 3-4 tahun, kaki balita cenderung berubah seperti huruf X. Mengapa kecenderungan kaki berbentuk X (genu valgum) atau O (genu varum) merupakan jenis kelainan paling sering ditemukan pada balita? Kelainan bentuk kaki (X atau O) merupakan jenis gangguan pertumbuhan tulang kaki akibat terjadinya pergeseran rotasi pada persendian antara tulang paha dan tulang lutut. Hal ini umumnya merupakan akibat kesalahan perlakuan dalam menangani balita. Biasanya disebabkan oleh gangguan rotasi atau putaran tulang yang salah, sehingga sumbu putaran bergeser dan tidak jatuh pada pada titik sumbu yang semestinya. Ini jelas terlihat ketika anak sering jatuh ketika belajar jalan. Sehingga anak menjadi mudah lelah, dan cenderung membuat aktivitasnya menjadi terbatas. Dan yang paling penting, akan sangat mempengaruhi penampilan, dan berdampak pada rasa percaya diri anak. Selain itu ada kelainan berupa gangguan telapak kaki yang dapat merusak struktur, karena titik berat tubuh tidak jatuh pada tempat yang tepat (normal). Kelainan pada kaki yang bisa terjadi akibat faktor genetik, gangguan tumbuh kembang organ tubuh lainnya, hingga kebiasaan ini memiliki beberapa bentuk. Sebut saja telapak kaki leper (flat foot), lengkung kaki terlalu tinggi (high arch), gaya jalan dengan kaki mengarah ke adalam (toe in) dan mengarah keluar (toe out).

Bagaimana solusinya? Saat ini, semua kelainan (genetik dan non-genetik) bisa disembuhkan melalui rehabilitasi medik dan terapi dengan beragam perangkat pendukung, mulai dengan memanfaatkan sepatu khusus, hingga alat bantu khusus disertai fisioterapi secara rutin, untuk mengarahkan proses tumbuh kembang kaki kepada bentuk yang semestinya. Sebaiknya, kelainan kaki diketahui sebelum balita berumur 2 tahun dan perbaikan atau koneksi sebelum mencapai umur 6 tahun. Pasalnya, terapi pada anak usia di atas 7 tahun akan membutuhkan waktu lebih panjang dengan pencapaian target yang tidak selalu bisa maksimal.

48

Desember 2012 www.anakku.net

Tak selalu disebabkan faktor genetik Penyebab kelainan kaki pada balita tidak selalu akibat faktor genetik, ada beberapa sebab yang memicu kelainan bentuk kaki, antara lain; 1 Posisi tidur Membiarkan balita terbiasa tidur tengkurap. Jika berlangsung lama, kebiasaan ini dapat mengakibatkan gangguan rotasi dan bentuk tungkai. 2 Posisi duduk Membiarkan balita terbiasa duduk dengan posisi kaki membentuk huruf W, juga bisa berpengaruh pada bentuk kaki. 3 Cara menggendong Kebiasaan menggendong dengan cara menyamping, dan membiarkan kaki anak melingkari tubuh adalah cara yang keliru, dan bisa mengakibatkan kaki anak cenderung membentuk huruf O.

4 Penggunaan diapers sekali pakai Penggunaan diapers secara terus menerus pada saat belajar berjalan akan membuat anak sulit menemukan posisi kaki yang stabil, sehingga akan berpengaruh pada bentuk kakinya kelak. 5 Baby walker Selain tidak terlalu dianjurkan, penggunaan baby walker yang tidak tepat waktu dan tidak pas ukurannya bisa mengakibatkan terjadinya ketidakseimbangan otot (muscle imbalance).

Yang perlu diwaspadai • Usia 18-24 bulan, kaki anak masih berbentuk O. • Tulang paha, tulang lutut, dan arah kaki tidak berada pada satu garis lurus dan tidak seluruhnya menghadap depan. • Sudut yang terbentuk antara tulang paha dan lutut lebih dari 8 derajat, dan jarak antara kedua tulang lututnya lebih dari 3-4cm. • Balita mengeluh capek dan malas bergerak. Referensi: 1. Flexible flatfoot in children. American Academy of Orthopaedic Surgeons. http://orthoinfo.aaos.org/topic.cfm?topic=A00046. Accessed May 31, 2012. 2. Canale ST, et al. Campbell's Operative Orthopaedics. 11th ed. Philadelphia, Pa.: Mosby Elsevier; 2008. http://www.mdconsult. com/das/book/body/208746819-4/0/1584/0.html. Accessed May 31, 2012. 3. Kliegman RM, et al. Nelson Textbook of Pediatrics. 19th ed. Philadelphia, Pa.: Saunders Elsevier; 2011. http://www.mdconsult.com/das/ book/body/208746819-6/0/1608/0.html. Accessed May 31, 2012.


Foto: Istimewa

Hindari Anak

Teracuni Obat Ra h m i Sa f a r i na . F Pu s a t Inf o r m a s i O b a t U G M Yo g y ak art a

Obat memang dibuat sebagai penawar sakit, namun hatihati pemakaian yang tidak tepat justru membahayakan. Di Amerika Serikat, 60 ribu balita mengalami kesalahan pengobatan. Zat kimia yang berpotensi menimbulkan keracunan sangat banyak terdapat di sekitar lingkungan kita. Bukan saja keracunan zat berbahaya seperti cairan pembersih, deterjen, cat, maupun pestisida, melainkan juga keracunan akibat kesalahan pengobatan. Hingga sekarang masih banyak terjadi kasus keracunan obat yang tidak disengaja pada anak-anak, khususnya yang berusia di bawah lima tahun. Kebanyakan kasus disebabkan kelalaian orangtua. Di Amerika Serikat,

tercatat lebih dari 60 ribu balita per tahun mengalami kesalahan pengobatan atau overdosis obat. Obat adalah senyawa toksik yang jika diberikan melebihi kadar minimum dalam darah akan menimbulkan gejala keracunan bahkan bisa berujung pada kematian. Meskipun obat yang beredar telah melalui uji keamanan yang panjang dan ketat, kenyataannya masih dapat menimbulkan efek yang merugikan bahkan berbahaya setelah digunakan secara luas oleh masyarakat.

Simpan di tempat aman dan perhatikan dosis Selain memiliki keingintahuan yang sangat tinggi, anak-anak terutama balita cenderung suka meniru apa yang dilakukan orang dewasa. Oleh karena itu, hindari meminum obat di depan anak, dan jangan pernah membahasakan obat sebagai “permen� atau istilah lain yang menimbulkan keingintahuan anak untuk mencoba. Pastikan obat tidak diletakkan sembarangan di tempat yang mudah dijangkau anak. Jika anak harus minum obat, segera simpan obat di tempat yang aman setelah digunakan (lebih bagus lagi bila kotak obat terkunci) dan tidak dapat dijangkau anak. Pilih kemasan obat sirup yang menggunakan tutup botol “child-ressistant� agar anak tidak

www.anakku.net

Desember 2012

49


• Penting untuk selalu membaca petunjuk pemakaian obat yang akan Anda berikan untuk buah hati Anda. • Berikanlah obat sesuai dengan frekuensi pemberian serta takaran yang tertera pada etiket atau leaflet di dalam kemasan obat. • Jangan gunakan sendok makan untuk menakar obat, pakailah sendok khusus yang tersedia dalam kemasan obat yang volumenya sudah pasti tepat.

50

Desember 2012 www.anakku.net

Kenali gejala, tangani segera Bagaimana jika anak mengalami keracunan meski semua upaya pencegahan telah kita lakukan? Begitu melihat anak menunjukkan gejala keracunan seperti muntah dan sakit perut mendadak, kejang, serta kesulitan bernafas umumnya kita sebagai orangtua langsung diserang rasa panik. Namun sebaiknya segera kuasai diri Anda, dan berpikirlah dengan tenang. • Pertama-tama, cari tahu apa sebab keracunan anak, lalu tentukan apa yang harus Anda lakukan. • Apabila zat beracun yang tertelan bukan senyawa korosif, misalnya

cairan asam dan basa kuat maka Anda dapat melakukan pertolongan pertama dengan menyuruh anak memuntahkan jika keracunan baru saja terjadi. • Berikan norit atau arang aktif (carbon adsorbent) untuk menyerap zat racun dalam saluran pencernaan. Norit masih efektif diberikan hingga jangka waktu 2 jam dari racun tertelan. Air kelapa hijau atau oralit juga dapat diberikan untuk mengatasi dehidrasi yang terjadi akibat mual muntah yang berlangsung lama.

Foto : Ramos Pane • Pengarah Gaya: Andesi

bisa membukanya sendiri. Obat sirup untuk anak biasanya memang memiliki rasa manis yang menyebabkan anak senang meminumnya.


American Academy of Pediatrics memberikan tip pemberian obat yang lebih aman bagi anak-anak yang sedang sakit:

Keracunan obat paling umum Obat obat penghilang rasa sakit, meng-gunakan resep ataupun obat bebas, menjadi jenis obat-obatan yang sering menjadi penyebab keracunan obat pada anak. Golongan obat ini tercatat menimbulkan 30% keracunan fatal pada balita. Di urutan berikutnya adalah obat alergi dan sedatif, seperti obat tidur atau antidepresan, yang menyebabkan 17% keracunan fatal pada balita.

Berikut adalah tanda-tanda yang terlihat pada anak berdasarkan durasi sejak ia menelan:

Asetamonifen adalah salah satu obat demam yang sering dipergunakan orangtua saat anaknya demam atau nyeri. Itu sebabnya keracunan aseta-minofen pun sering terjadi. Kenali gejala dan tandanya, ketahui, apa yang harus dilakukan. Keracunan obat anti nyeri adalah jenis keracunan obat terbanyak pada anak di bawah usia 6 tahun.

• Sedangkan lebih dari 72 jam setelah tertelan, kerusakan hati dapat bertambah berat.

Fakta yang perlu diketahui oleh orangtua adalah keracunan asetaminofen bisa bersifat akut (anak meminumnya dalam jumlah sekaligus banyak) atau menahun (dosis berlebihan, sedikit demi sedikit). Berapa banyak tertelan? Dosis asetaminofen di bawah 150 mg/kg berat badan pada anak yang sehat belum akan menyebabkan keracunan.

• 0-24 jam setelah menelan, anak tidak mau makan, mual, muntah, berkeringat • 24-72 jam setelah tertelan, bisa terjadi nyeri perut kanan atas, buang air kecil berkurang, mulai terjadi tanda-tanda kerusakan hati dan ginjal.

Keracunan menahun terjadi bila asetaminofen diberikan >75 mg/ kg per hari. Hati-hati bila anak sakit demam, muntah atau anak kurus, bila anak minum obat lain seperti anti kejang atau obat tuberkulosi. Bila terjadi akut, berikan karbon teraktivasi (contohnya Norit) 1 gram/kg berat badan (maksimal 75 gram) apabila obat diperkirakan masih ada dalam perut atau usus bagian atas (sekitar 2 jam setelah anak menelan). Selanjutnya bawa segera ke rumah sakit. Bila terjadi menahun, terapi obat dapat dipertimbangkan bila ada gejala dan bila fungsi hati mulai terganggu.

Hidung tersumbat. Berikan ia obat tetes saline atau menguapi hidung anak. Ini lebih tidak berbahaya dan dapat Anda lakukan sendiri. Untuk obat tetes, gunakan sesuai dengan petunjuk dokter. Batuk. Madu adalah obat yang cukup mujarab untuk mengatasi batuk. Larutkan setengah sendok teh madu untuk anak usia dua hingga lima tahun. Satu sendok teh untuk anak usia enam hingga 11 tahun, serta dua sendok teh untuk anak di atas 12 tahun. Jangan berikan pada bayi usia di bawah satu tahun. Demam dan nyeri. Sebelum memberikan anak asetaminofen, ibuprofen atau parasetamol, gunakan gel penghangat di tempat yang terasa sakit. Khusus untuk sakit gigi, berkumur-kumur dengan air garam masih dapat membantu. Jika Anda terpaksa menggunakan obat anti nyeri, pastikan sesuai dengan petunjuk dokter. Masuk angin (common cold). Sebenarnya ini adalah gejala flu biasa. Selain menghangatkan tubuh anak dengan gel penghangat, bisa juga dengan memberinya minuman hangat, memastikan ia tidak dehidrasi dan biarkan ia beristirahat.

Referensi: 1. Bell LM, Bingham PM, Chung EK. The 5-minute pediatric consult. 4th ed. Lippincott Williams & Wilkins. 2005 2. Anonim. Antidotes for Toxicological Emergencies: A Practical Review: Abstract and Introduction, 2012 http:// www.medscape.com/viewarticle/757588

www.anakku.net

Desember 2012

51


anakku sehat

Sarapan: Modal Utama Aktivitas Anak Dr. Ika Fitriana

Bukan masanya lagi sarapan dilakukan terburuburu dan apa adanya. Karena, sarapan merupakan energi si kecil melakukan

Sumber sarapan terbaik Sarapan tak perlu terlalu banyak, dapat disantap cepat tetapi

mengandung nutrisi yang cukup untuk aktivitasnya. ­Alternatif sarapan seperti gandum utuh, serat, dan protein, dengan k­ andungan gula rendah agar meningkatkan konsentrasi, atensi, dan memori. Hal ini yang dibutuhkan selama ­be­rsekolah.  Sumber karbohidrat: sereal ­gandum utuh, roti dan muffin, ­spageti, beras (putih atau merah).  Sumber protein: daging merah, telur, kacang-kacangan (termasuk selai kacang).  Serat: sereal, roti gandum, buah, sayur, kacang-kacangan.  Vitamin dan mineral: sayur, buah, susu.

Foto : Ramos Pane • Pengarah Gaya: Andesi

aktivitasnya.

Semua sepakat sarapan adalah bekal nutrisi penting untuk membekali aktivitas si kecil. Berbagai penelitian menujukkan anak-anak yang terbiasa sarapan memiliki status nutrisi lebih baik dengan indeks massa tubuh lebih ideal dibandingkan yang tidak sarapan, mereka juga lebih mudah berkonsentrasi belajar. Mereka juga jarang mengalami keluhan selama di sekolah yang disebabkan perut kosong.

52

Desember 2012 www.anakku.net


Usahakan anak mendapatkan semua kandungan nutrisi tersebut dan biasakan anak minum susu setiap pagi. Anda bisa menyediakan berbagai menu yang bisa Anda beli dan persiapkan sebelumnya, seperti sereal yang dicampur susu dan buah pisang, roti gandum selai kacang, telur omelet dengan campuran sayur, cheese muffin dengan buah jeruk, yogurt, spageti, bubur kacang hijau, lontong isi sayuran, dan sebagainya.

Foto : Ramos Pane • Pengarah Gaya: Andesi

Jangan lupa, orangtua perlu menjadi teladan bagi si kecil dengan mencontohkan kebiasaan sarapan dengan menu yang sehat.

www.anakku.net

Desember 2012

53


Fakta seputar sarapan

Tip persiapkan sarapan  Belanja rutin berbagai jenis sarapan sehat dan simpanlah­ ­sebagai stok, siapkan malam sebelumnya (buah sudah ­di­potong, piring dan gelas sudah siap).  Tanyakan pada anak-anak jenis sarapan yang diinginkan dan biarkan mereka membantu mempersiapkannya.  Buatlah sepraktis mungkin seperti potongan buah segar yang bisa dibawa, sereal yang sudah dipersiapkan dalam kotak, roti berisi pisang, selai kacang, atau keju, susu kotak, yogurt, camilan sehat lainnya. Ini penting saat Anda tak sempat mempersiapkan sarapan atau anak terlambat sarapan sehingga ia dapat sarapan di perjalanan atau segera setelah sampai di sekolah.  Hindari makanan yang sarat gula namun rendah nutrisi.  Bacalah selalu kandungan gizi suatu penganan yang Anda beli dan pastikan kandungannya cukup bervariasi, tak hanya ­mengandung glukosa dan lemak.

Anak yang tidak sarapan kurang mampu membedakan gambargambar yang mirip, sering salah, dan memiliki kemampuan mengingat yang lebih lambat. Anak yang lapar memiliki skor matematika yang lebih rendah dan sering mengalami remedial. Anak yang lapar lebih sering ­mengalami gangguan perilaku, emosi, dan akademis. Anak yang sarapan bernutrisi lengkap melakukan lebih sedikit kesalah­an dan lebih cepat mengerjakan pelajaran hitung dibandingkan yang sedikit sarapan atau kurang ­bernutrisi. Anak yang kurus lebih memerlukan ­sarap­an dan kemampuannya akan lebih ­meningkat dengan sarapan.

Foto : Ramos Pane • Pengarah Gaya: Andesi

Referensi: 1. Harris, JL, Schwartz MB. Effects of serving high sugar cereals on children’s breakfast eating behavior. Pediatrics 2011;127;71. 2. Food research & action center (FRAC). Breakfast for learning. Available at www.frac.org

54

Desember 2012 www.anakku.net


www.anakku.net

Desember 2012

55


t&j

kesehatan anak

Sering Kejang Pertanda Epilepsi?

T:

Dear Dr. Hardiono, Dok, anak saya usia 11 bulan, dua hari lalu demam disertai kejang. Padahal demamnya tak sampai 39o C. Ini merupakan kejang yang ketiga kali, Dok. Pertanyaannya, apakah ini pertanda anak saya epilepsi? Bagaimana ciri kejang akibat epilepsi dan yang bukan? Terima kasih. Dhanty Astiana, Jakarta Selatan

Dr. Hardiono D.Pusponegoro, SpA(K) Konsultan Kesehatan Anak

J:

Ibu Dhanty, Gejala utama pada epilepsi adalah kejang. Kejang adalah gangguan yang terjadi di otak. Otak terdiri dari miliaran sel-sel saraf yang terhubung satu sama lain melalui sinyal listrik yang aktif secara bergantian. Ketika sejumlah atau sebagian besar sel-sel saraf tersebut dalam keadaan aktif secara bersamaan, maka terdapat energi listrik berlebihan yang menyebabkan kejang. Seseorang dapat mengalami kejang karena berbagai penyebab, misalnya demam tinggi, kurang oksigen, trauma kepala, atau penyakit lain yang menyebabkan kejang seperti radang otak, tumor otak. Kejang akan memengaruhi fungsi otak, gejala yang timbul tergantung dari bagian otak mana yang terkena. Kejang tersebut bisa berupa hilangnya kesadaran anak, gerakan-gerakan kaki dan tangan satu sisi atau bersamaan, perubahan perilaku dan sebagainya.

Anak disebut menderita epilepsi jika mengalami kejang sebanyak 2 kali atau lebih tanpa suatu penyebab yang jelas. Artinya, kejang bukan disebabkan oleh demam tinggi, trauma kepala, radang otak, tumor otak, kekurangan gula darah, atau elektrolit. Kejang pada epilepsi sebagian besar hanya berlangsung beberapa detik sampai kurang dari 5 menit dan sebagian besar berhenti sendiri. Tujuh dari 10 kasus epilepsi tidak diketahui penyebabnya sehingga disebut sebagai idiopatik. Sedangkan keadaan lainnya yang dapat menyebabkan epilepsi di kemudian hari, antara lain gangguan perkembangan otak yang dapat terjadi sebelum lahir, pada saat persalinan (anak lahir kurang oksigen), maupun setelah lahir. Kerusakan jaringan otak seperti trauma kepala, perdarahan, tumor, infeksi otak (ensefalitis) atau infeksi selaput otak (meningitis) pun dapat menjadi penyebabnya.

Konsultasikan masalah Anda pada pakar kami. Kirimkan pertanyaan Anda ke Redaksi Anakku: Jln. Kayu Putih Selatan No. 74, Jakarta Faks: (021) 4786 4954, email : redaksi@anakku.net

56

Desember 2012 www.anakku.net


anakku cerdas Dalam menjalani berbagai tahapan penting dalam hidupnya, anak-anak selalu membutuhkan pendampingan Anda. Sebagai orangtua, adalah sebuah tugas yang menyenangkan untuk mendampingi putra-putrinya dalam menghadapi kehidupan ini. Bagi Anda yang memiliki anak lelaki usia praremaja, masalah mimpi basah adalah salah satu hal yang membutuhkan kehati-hatian dalam pembahasannya.

58 Bila ADHD terbawa hingga dewasa 60 Stimulasi berenang pada bayi 62 Aksi Anakku: TK Islam Al- Fikri 64 Bila remaja mimpi basah 68 Berjauhan dengan Ayah

Zesa Ph o to by Yuan A t mojo

www.anakku.net

Desember 2012

57


anakku spesial

Bila ADHD Terbawa

Hingga Dewasa

l

Foto: Ramos Pane Pengarah Gaya: Andesi

Prof. Dr. Fatimah Haniman, SpKJ(K) Divisi Psikiatri Anak dan Remaja Departemen Psikiatri Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Surabaya

Apa jadinya bila ADHD terbawa hingga dewasa? Bagaimana mengenali gejala ADHD pada orang dewasa? 58

Desember 2012 www.anakku.net


Diperkirakan 30-70% ADHD pada anak gejalanya akan berlanjut sampai dewasa. Pada awalnya, ADHD dianggap sebagai gangguan psikiatrik masa anak-anak yang tidak berbahaya, bersifat sementara dan mereda dengan bertambahnya usia (proses maturasi), sehingga akibat pada masa dewasa­nya tidak terlalu dipermasalahkan. Pandang­ an ini mulai berubah sejak 1980, ketika beberapa pengamatan jangka panjang terhadap anak dengan ADHD ­menunjukkan bahwa sekitar 11-80% tetap menunjukkan gejala inti ADHD saat usia dewasa.

Siapa mereka? Kelompok ADHD usia dewasa ini bisa berasal dari 3 macam sumber: 1. Dari anak ADHD yang mendapatkan pengobatan cukup teratur. 2. Dari anak yang mendapat peng­ obatan terputus. 3. Sisanya (yang terbanyak) adalah mereka yang tidak pernah t­ ersentuh oleh terapi apapun, sampai ter­ diagnosis saat usia dewasa. Atau bahkan mungkin tidak akan pernah terdiagnosis.

Gejala ADHD pada remaja/­ dewasa Masa remaja bisa dikatakan sebagai periode ‘strain and stress’ dengan ­seringnya konflik antara remaja dan­ orangtua, terlebih pada remaja d ­ engan ADHD. Biasanya terkait ­dengan masalah kegagalan akademik dan hambatan sosial. Kondisi ini diperparah dengan adanya keterbatasan dalam jangkauan terapi, penerimaan terhadap program tatalaksana serta efektivitasnya. Dari 3 gejala utama ADHD, inatensi, impulse, dan hiperaktivitas, gejala terakhir merupakan faktor penentu hasil akhir kondisi ADHD pada anak. Hiperaktivitas bisa memberi ­gejala sisa pada remaja berupa kondisi

psikiatrik tertentu, hiperaktivitas yang menetap dengan perilaku agresif serta problem dengan teman sebaya.

pekerjaan, dan pada akhirnya hanya bisa melakukan pekerjaan yang bersifat mandiri.

Gejala pada ADHD dewasa

Apa akibatnya?

• Gejala inatensi lebih menonjol. Mereka sering memperlihatkan adanya kesulitan dalam memfokuskan perhatian, baik di rumah, ­tempat kerja, maupun dalam ­aktivitas sosial. • Perhatian mereka sering teralihkan oleh stimulus eksternal maupun pemikiran-pemikirannya sendiri, sehingga sering tampak ­ seperti melamun. • Sering mendapati dirinya meninggalkan tugas yang sudah dimulainya dan mengerjakan tugas lain yang tidak direncanakan sebelumnya. Tidak jarang mereka merasa ‘tibatiba’ berada di tengah beberapa proyek sekaligus. • Sering berbuat teledor, tidak dapat menyelesaikan tugas, pelupa, sering ‘kehilangan’ barang, serta mem­punyai manajemen waktu yang buruk. • Memiliki hambatan sosial, kadang tampak menyendiri, dan tidak peduli pada pembicaraan orang lain, sehingga terkesan ‘mau-maunya’ sendiri. Berkomentar tidak sesuai dengan konteks pembicaraan. • Ada pula yang tampak sangat bersosialisasi, banyak bicara, dan suka berteman sehingga kadang mirip ‘badut.’ • Tampak selalu tergesa-gesa, sulit menunggu giliran (antre), membuat keputusan tanpa pertimbangan atau alternatif. Mereka sulit bekerja sama. • Hubungan dengan pasangan, teman dan bawahan sering tidak cocok, sehingga menyebabkan perceraian, kegagalan akademik atau pekerjaan. • Sering berpindah tempat kerja, berpindah jenis lapangan

Sejauh mana gejala ADHD berdampak pada kehidupan dewasa, sangat bervariasi dan tergantung pada ­penyebab dan beratnya gejala, kekuat­ an pengaruh faktor konstitusi yang membentuk individu maupun situasi kehidupannya selama ini. Diperkirakan 30-70% ADHD pada anak gejalanya akan berlanjut sampai dewasa. Gejala pada dewasa tidak sama persis dengan anak, umumnya hiperaktivitas sudah berkurang tetapi tetap menunjukkan problem akibat distraktibilitas dan kurang dalam kemampuan mengorganisasikan tugastugas serta mengatur irama kerja. ADHD juga memberi dampak buruk pada masa dewasanya, konsekuensi psikososial yang sangat bervariasi, mulai dari hubungan interpersonal; masalah perkawinan, pekerjaan, penggunaan obat/zat terlarang, tingginya angka kriminalitas, kinerja yang buruk, status pekerjaan yang rendah, problem dalam keterampilan sosial, riwayat mengemudi yang jelek, dan macam-macam gangguan aktivitas sehari-hari lainnya. Mengingat semua hal tersebut, tentunya perhatian terhadap ADHD perlu terus ditingkatkan agar dampak yang timbul bisa dikurangi. Referensi: 1. Coghill D et al: Impact of AttentionDeficit/Hyperactivity Disorder on The Family: Result from a Europian Survey. Child Adolesc Psychiatry Ment Health 2008;2:31;1-20. 2. Monteno B. Diagnosis and Treatment of ADHD in Adults in Primary Care: J.Clin. Psychiatry 2004;65;18-21. * Dibawakan pada Konferensi Nasional I AKESWARI, 2009.

www.anakku.net

Desember 2012

59


l

Foto: Ramos Pane Pengarah Gaya: Andesi

stimulasi sambil bermain

Stimulasi Berenang pada B a y i

Endah Wulansari Managing Director Mom n Jo

Air dipercaya memberikan efek baik untuk kesehatan. Salah satunya memberi stimulasi buat si kecil. Tapi hati-hati…tetap perhatikan ramburambunya.

60

Desember 2012 www.anakku.net

Setiap kali melihat piranti renang untuk bayi, Alexa (29) bertanya-tanya, apakah berenang pada bayi benar-benar bermanfaat? Apakah buah hatinya, Melodi ­­­­(2 bulan) yang masih kelihatan ringkih juga bisa melakukannya.

Stimulasi melalui renang Riset gabungan Profesor Hermundur Sigmundsson dari Norwegian University of Science and Technology dan Profesor Brian Hopkins dari Lancaster University melibatkan bayi yang mengikuti kelas berenang dari umur 2-7 bulan. Kesimpulannya: • Bayi yang terbiasa berenang ­memiliki keseimbangan lebih baik dan lebih mudah meraih obyek ketimbang bayi yang tidak berenang.

• Membantu mengembangkan ­keterampilan fisiknya di kemudian hari. Perkembangan itu bakal terjadi hingga kelak anak berusia 5 tahun. Anak memiliki kemampuan berdiri dengan satu kaki, main lompat tali, dan menangkap kantung berisi ­kacang dengan koordinasi yang baik. • Gerakan menendang dalam air dan gerakan tangan bayi ketika ­berenang mampu memperkuat otot kaki, tangan, bahu, serta leher. Ini memungkinkan ia tak menghadapi kesulitan ketika belajar berguling maupun mengangkat lehernya. Air yang m ­ erendam tubuh dan dada si kecil ketika berenang akan memberi tekanan, yang merupakan stimulasi yang baik untuk memperkuat pernapasan bayi.


Jangan terlalu cepat menyimpulkan bayi tidak suka berenang hanya karena ia menangis ketika 2 menit di dalam air.

Batasan umur minimal untuk stimulasi berenang berkaitan dengan alat pengaman (ban renang) yang dipasangkan pada leher bayi (swimneck ring). Diameter lubangnya bisa digunakan untuk anak dengan berat minimal 5 kg, berapapun usia bayi Anda.

Bagaimana caranya? • Dimulai dengan stretching sederhana, 4-5 menit. Tekuk luruskan tungkai kaki bayi dan dekat-jauhkan lengan ke arah atas, samping, dan depan. • Pasang swimneck ring sesuai petunjuk. Angkat bayi, kemudian perlahan sentuhkan telapaknya ke air, diikuti

swimneck ring. Ban yang terlalu kempes daya apungnya kurang baik. Cek sebelum memakainya, apakah ada bocor halus dan kenakan sesuai petunjuk pemasangan. 5. Peka terhadap mimik muka bayi, jika terlihat kedinginan atau lelah, cepat angkat dan hangatkan dengan handuk kering. 6. Jangan buru-buru menyimpulkan bayi tidak suka berenang hanya karena ia menangis di dalam air. Beri bayi kesempatan untuk beradaptasi. 7. Siapkan keperluan pakaian ganti, handuk, minyak telon, bedak, dan sebagainya sebelum bayi masuk ke dalam air.

Perhatikan rambunya

Hmm... ternyata berenang sejak bayi banyak memberi manfaat buat buah hati Anda. Selama dalam pengawasan dan memperhatikan rambu-rambunya. Anda dapat memanfaatkan kedekatan ini sambil memberi stimulasi buat si kecil. Happy swimming!

1. Suhu air sama dengan suhu tubuh, tidak mengandung kaporit, dan bersih. Pilih bak kecil di rumah atau tempat seperti spa yang memiliki treatment baby swim. 2. Perhatikan jam latihan. Hindari ­mengajak bayi yang mengantuk, lapar, atau sakit. 3. Jangan pernah meninggalkan bayi di kolam sendirian. 4. Kontrol tekanan udara di dalam

Referensi: >>H. Sigmundsson, B. Hopkins. Baby swimming: exploring the effects of early intervention on subsequent motor abilities. Child: Care, Health and Development, 2010; 36 (3): 428.

l

Mulai umur berapa?

bokongnya, sampai akhirnya dilepas. • Ajak si kecil bicara bayi saat ­berenang. Jika belum siap dilepaskan, tak perlu dipaksakan. Bayi memerlukan waktu yang berbeda untuk siap. • Jika sudah berani dilepas, biarkan ia menggerakkan tangan dan menendang sisi-sisi kolam. Setelah terbiasa, per­lahan jenis gerakannya akan bertambah. • Jika bayi tampak mengantuk, lelah, ataupun menangis, tak usah kecewa. Beberapa bayi kuat 20 menit, ada juga yang hanya beberapa saat. Untuk bayi lebih muda, tidak lebih dari 30 menit.

Foto: Ramos Pane Pengarah Gaya: Andesi

• Pada penelitian di Melbourne, ­Australia melibatkan anak usia 10 tahun menunjukkan bahwa hasilnya, anak-anak yang berenang sejak bayi memiliki IQ lebih tinggi daripada anak yang tidak diajarkan berenang atau diajarkan berenang setelah usia 5 tahun. Gerakan saat berenang dapat merangsang pertumbuhan saraf otak.

www.anakku.net

Desember 2012

61


aksi anakku

TK Islam Al-Fikri Jln. Lindung No.8A, Jatiraden - Jati Sampurna, Bekasi

Berfoto bersama para guru tercinta.

Mendengarkan Bunda mendongeng.

Foto: Moller

Belajar bekerja sama dengan teman.

Bunda mau cerita apa ya, kali ini? 62

Desember 2012 www.anakku.net

Belajar berhitung mundur.


Aqila

Asya

Ceisya

Chacha

Ilona

Jilan

Naurah

Sabrina

Zahra

Raina

Fadhil

Faris

Fateh

Jody

Foto: Moller

Annisa

Buchori

Rasyad

Miro

Ta n g g u h

www.anakku.net

Desember 2012

63


anakku psikologi

Bila Remaja

Mimpi Basah

64

Desember 2012 www.anakku.net

l

Tahukah Anda, bahwa anak-anak (terutama anak laki-laki) yang belum pubertas dijadikan sasaran tembak bisnis pornografi internasional? Mengapa demikian? Karena anak laki-laki cenderung menggunakan otak kiri, kadar hormon testosteron di otak lebih banyak daripada anak perempuan, dan memiliki organ intim di luar. Melalui berbagai media (komik, games, PS, internet, VCD, HP) yang dekat dan akrab dengan dunia anakanak, memungkinkan mereka terpapar gambargambar yang mengandung materi pornografi.

Foto: Ramos Pane Pengarah Gaya: Andesi

Elly Risman, M.Psi Ketua Yayasan Kita dan Buah Hati

Dengan berbagai r ­ angsangan yang cukup banyak dari ­media-media tersebut, dan asupan gizi yang diterima, hormon testosteron di dalam tubuh bergerak 20 kali lebih cepat. Sehingga, testis mulai memproduksi sperma, dan kantung sperma menjadi penuh. Karena itu, remaja dengan mudahnya mengeluarkan mani lebih cepat dari yang lainnya dan kadang-kadang, dengan banyaknya ‘rangsangan’ dari berbagai media tersebut, mereka

bisa mengalami ejakulasi tidak perlu dengan bermimpi.

Tantangan buat orangtua Menyiapkan anak memasuki masa pubertas (baligh) adalah tantangan besar bagi orangtua. Kelihatannya sepele, namun sangat penting bagi mereka untuk mengetahui seputar masa baligh agar mereka tumbuh menjadi pribadi yang memiliki ­seksualitas yang sehat. Memang ­banyak kendala yang kita hadapi:


tabu dan saru, bagaimana harus memulainya, kapan waktu yang tepat untuk memulai, sejauh mana yang harus kita bicarakan, dan persiapan-persiapan lainnya. Memang tidak mudah untuk mendobrak kendala-kendala tersebut, namun jika tidak melakukannya sejak dini, bisa jadi mereka mendapatkan informasi yang salah dari sumber yang tidak jelas.

Ayah penanggung jawab Jarang ayah yang menyiapkan anak laki-lakinya menghadapi mimpi basah. Padahal ini adalah tanggung jawab Ayah untuk membicarakannya kepada mereka.

Mengapa harus ayah? Karena anak laki-laki yang berusia di atas 7 tahun cenderung melakukan idenifikasi pada orangtua sejenis sehingga, membutuhkan waktu yang lebih banyak dengan ayahnya dibanding dengan ibunya. Dan jika bicara seputar mimpi basah, ibu tentu tidak menguasai dan tidak pernah mengalaminya. Namun, bila karena satu hal, ayah tak sempat dan tidak punya waktu untuk itu, ibu harus mengambil alih tanggung jawab ini.

Tip:Menyiapkan Si Buyung menghadapi mimpi basah Apa itu mimpi basah, apa beda mani dengan madzi, dan apa yang harus dilakukan? Ajari anak membedakan antara mani dengan madzi, persiapkan terlebih dahulu alat-alatnya: ✔✔ Untuk mani : Aduk kanji/tepung sagu dengan air, jangan terlalu encer, hingga masih ada butir-butir kecilnya. Beri sedikit bubuk kunyit, hingga menjadi agak kuning. Taruh di wadah/botol. ✔✔ Untuk madzi : Beli lem khusus yang berbentuk cair dan bening (bentuk tube).

Berikutnya siapkan waktu ­khusus dengan anak untuk membicarakannya. Apa saja yang harus disampaikan? • Pertama, sampaikan kepada mereka bahwa saat ini mereka telah tumbuh berkembang menjadi remaja, ­dengan adanya perubahanperubah­an pada fisik mereka. ­Mereka akan memasuki masa baligh. Contoh: “Nak..., ayah lihat kamu sudah semakin besar. Lihat tungkai kakimu semakin panjang, suaramu sudah agak berat. Waah.., anak ayah sebentar lagi remaja nih. Nah, ayah mau bicarain sama kamu tentang hal penting menjelang seorang anak menjadi remaja, yang biasa disebut puber atau baligh.” • Awalnya, mungkin mereka akan merasa jengah dan malu. Namun, yakinkan kepada mereka, bahwa membicarakan masalah tersebut merupakan tanggung jawab kita sebagai orangtua. • Terapkan the power of touch. Sentuh bahu atau kepala mereka. Ini dapat menumbuhkan keakraban www.anakku.net

Desember 2012

65


anakku psikologi

antara ayah dengan anak. Jika sudah baligh, mereka tidak akan mau kita sentuh. • Gunakan juga jangkar emosi (panggilan khusus, yang bisa mendekatkan hubungan orangtua dengan anak), misalnya: nak, buah hati papa, jagoan ayah, dan lain-lain. • Sampaikan kepada anak kita tentang mimpi basah. ✔✔ Bahwa karena ia telah memiliki tanda-tanda/ciri-ciri memasuki masa puber, maka pada suatu malam nanti, ia akan mengalami mimpi sedang bermesraan dengan perempuan yang dikenal ataupun tidak dikenal. Dan pada saat terbangun, ia akan mendapatkan cairan yang disebut mani. (Kita beritahukan kepada mereka contoh cairannya, yaitu cairan tepung kanji yang telah kita persiapkan). Peristiwa itu disebut mimpi basah. ✔✔ Jika seorang anak laki-laki telah mengalami mimpi basah, tandanya ia sudah menjadi seorang remaja/ dewasa muda. Dan mulai saat itu, ia sudah bertanggung jawab kepada Tuhan atas segala perbuat­ an yang ia lakukan, baik berupa

66

Desember 2012 www.anakku.net

kebaik­an maupun keburukan. Pahala dan dosa atas perbuatannya itu akan menjadi tanggungannya. ✔✔ Beritahukan kewajiban yang harus dilakukan setelah mengalami mimpi basah (sesuai dengan ajaran agama masing-masing). Dalam Islam, orang yang mimpi basah diwajibkan untuk mandi besar /mandi junub, yaitu : 1. Bersihkan cairan sperma yang masih menempel. 2. Cuci kedua tangan. 3. Berniat untuk bersuci. 4. Berwudhu. 5. Mandi, minimal menyiram air ke bagian tubuh sebelah kanan tiga kali, dan ke bagian sebelah kiri sebanyak tiga kali, hingga seluruh anggota tubuh terkena air. 6. Cuci kaki sebanyak tiga kali. Setelah kita terangkan, minta ­kepadanya untuk mengulangi apa yang telah kita sampaikan.

yang disebut madzi. (Kita beri tahukan kepada mereka contoh cairannya, yaitu lem). • Cara membersihkannya cukup ­dengan : mencuci kemaluan, mencuci tangan lalu berwudhu. • Ingatkan kepadanya, jika ia tidak melakukannya, ia tidak bisa sholat dan tidak bisa membaca kitab suci. • Setelah kita terangkan, minta kepadanya untuk mengulangi apa yang telah kita sampaikan. Hal penting yang harus kita ingat ­sebelum membicarakan masalah ini kepada anak adalah kita berlatih dahulu bagaimana cara menyampaikannya. Mengapa? Agar komunikasi yang akan kita lakukan tidak tegang, dan berjalan dengan hangat. Agar anak merasa nyaman dan ia dapat menerima pesan yang kita sampaikan dengan baik.

Hal penting yang harus kita ingat sebelum membicarakan Tentang madzi • Jika ia melihat hal-hal/gambar-gammasalah ini kepada bar yang tidak pantas dilihat oleh anak anak adalah kita berlatih (gambar yang tak senonoh), maka bisa jadi, ia akan mengeluarkan cairan dahulu bagaimana cara menyampaikannya.


www.anakku.net

Desember 2012

67


t&j

psikiater anak

Berjauhan dengan Ayah, Si Kecil Mendadak Pendiam?

Dr. dr. Tjhin Wiguna, SpKJ (K) Konsultan Kesehatan Jiwa Anak

J:

Dear Ibu Diana, Ada satu kondisi yang disebut sebagai gangguan penyesuaian yang seringkali menyertai anak dan remaja saat mengalami stres psikososial, seperti perpisahan dengan orang yang dikasihi, pindah sekolah atau pindah rumah, penyakit yang berlangsung lama, dsb. Kondisi tersebut membuat anak harus menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan perubahan yang ada. Beberapa anak mampu menyesuaikan diri dengan baik dan sebagian mengalami kesulitan. Faktor yang mendukung anak untuk beradaptasi dapat berasal dari dalam diri anak yang disebut sebagai faktor internal dan juga faktor dari luar diri anak (eksternal). • Faktor internal sangat dipengaruhi oleh temperamen anak serta sifat bawaan anak lainnya yaitu faktor genetik. • Faktor eksternal antara lain dipengaruhi oleh dukungan orangtua, pemahaman orangtua ­mengenai anak serta kedekatan orangtua dengan anaknya. Kepergian ayah memicu terjadinya gangguan penyesuaian pada anak Ibu. Ia tampaknya gagal menggunakan mekanisme penyesuaian diri yang

tepat yang membuat dirinya tertekan sehingga timbul gangguan fisik berupa ‘tics’ yang seringkali merupakan tanda kecemasan pada anak. Gangguan penyesuaian ini seringkali hilang menyusul hilangnya stressor tersebut. Saya sarankan agar ayah yang berada di luar kota sebaiknya terus berhubungan dengan anak, ketidakhadiran ayah dalam bentuk fisik dapat dialihkan menjadi kehadiran dalam bentuk suara maupun dalam bentuk visual. Saat ini teknologi komunikasi sudah sangat berkembang sehingga ayah dapat hadir melalui telepon (dalam bentuk suara) maupun dengan menggunakan panggilan video (skype) sehingga anak tetap dapat mendengar dan melihat ayahnya walaupun tidak hadir hadir secara fisik. Dengan adanya kondisi tersebut, anak tetap dapat merasakan kehadiran ayah dan kelekatan yang sudah dibentuk anak dapat terjaga baik. Jika kondisi ‘tics’ tidak membaik, konsultasikan kepada ahlinya untuk mendapatkan terapi pendukung lain seperti pemberian obat ataupun terapi psikososial seperti psikoterapi. Mudah-mudahan gambaran singkat ini membuat Ibu memahami kondisi anak dan mendukung kesembuhannya secepat mungkin. Terima kasih.

Konsultasikan masalah Anda pada pakar kami. Kirimkan pertanyaan Anda ke Redaksi Anakku: Jln. Kayu Putih Selatan No. 74, Jakarta Faks.: (021) 4786 4954, Email: redaksi@anakku.net 68

Desember 2012 www.anakku.net

Ilustrasi: Moller

T:

Dear DR. Tjhin, Dok, anak saya mendadak menjadi pendiam setelah ayahnya dinas keluar kota. Padahal ayahnya baru bertugas 3 bulan. Selain itu ada kebiasaan baru yang muncul yakni otot matanya berkedut (‘tics’). Apakah ini wajar sebagai dampak dari hilangnya kedekatan ayah dan anak? Memang gadis kecil saya sangat dekat hubungannya dengan sang ayah. Mohon saran, apa yang harus saya lakukan. Terima kasih. -Diana Trisianti, Bogor


anakku galeri Yes, it’s party time! Akhir tahun sudah di depan mata. Di mana Anda akan menghabiskan liburan ini bersama keluarga tercinta? Kami ucapkan Selamat Hari Natal bagi yang merayakan, semoga selalu damai di hati, damai di bumi. Persiapkan pesta akhir tahun dan Natal dengan sebaik-baiknya agar Anda sekeluarga memiliki momen manis yang indah untuk dikenang.

70Fashion: Party time 74 Pernak pernik: Nuansa kayu dan alumunium di hari natal

Zidann

­76 Tip: ­Sukses menggelar pesta akhir tahun Ph o to by Nat h al Ad ji e

www.anakku.net

Desember 2012

69


anakku

fashion

e m i T y t r Pa

Merayakan pesta akhir tahun atau ulang tahun tidak lengkap rasanya bila tanpa kado serta kehadiran para sahabat. Agar pesta semakin meriah 足kostum pun harus dipersiapkan dengan matang, sesuai tema acaranya. Yiipiiee... Selamat berpesta!

Untuk pesta ulang tahun, kenakan dress motif bunga pink cantik buat Si Upik dan untuk Si Buyung pilihkan kemeja yang senada.

70

Desember 2012 www.anakku.net


Terusan putih cocok dikenakan putri kecil Anda saat pesta Tahun Baru. Sedangkan si jagoan cilik tampak gagah 足mengenakan 足 setelan jas.

M o del: R eif an & K in an Busana: AII Z XII, Linic, Bianne (Seibu Grand Indonesia) Nask ah dan p en g arah g ay a: A n desi F o t o g raf er: B ay u Praman a

www.anakku.net

Desember 2012

71


anakku

fashion

72

Oktober 2012 November Desember 2012www.anakku.net www.anakku.net

Dress lengan buntung bermotif bunga warna biru dan kuning serta kemeja kotak-kotak lengan pendek berwarna biru membuat suasana pesta jadi lebih ceria.


Warna hitam dan putih tak pernah lekang oleh waktu. Untuk acara resmi model ini bisa cantik dikenakan oleh Si Kecil.

www.anakku.net

Desember 2012

73


anakku

pernak pernik

Pohon Natal lilin kuning Rp120 ribu

Sinterklas aluminium Rp155 ribu

Nuansa Kayu dan Aluminium

di Hari Natal

Yuk.. kita mendekorasi rumah dengan hiasan Natal untuk menambah keceriaan dan kehangatan suasana peringatan kelahiran Yesus Kristus.

Pita merah Rp55 ribu

Aluminium deco merah kecil Rp135 ribu Aluminium deco merah sedang Rp147 ribu

Aluminium deco hijau besar Rp171 ribu Aluminium deco merah kecil Rp147 ribu

74

Desember 2012 www.anakku.net

Pohon Natal dari daun lontar besar Rp358 ribu kecil Rp315 ribu


a. Santa kayu kecil Rp35 ribu b. Santa kayu sedang Rp50 ribu c. Santa kayu besar Rp55 ribu

Kotak merah Rp70 ribu

Angel kayu @ Rp27500

Aluminium sepatu Rp30 ribu Aluminium snowman Rp30 ribu

Gantungan snowman kayu Rp15 ribu

Pro duk k o lek si: K alin g a ( A lun - A l un In do n esia Gran d In do nes i a Lt. 3 ) F o t o g raf er: R amo s Pan e Pen g arah g ay a: A n desi

www.anakku.net

Desember 2012

75


anakku tips

Sukses Menggelar

Gempita Pesta Akhir Tahun Andesi

Pergantian tahun biasanya diwarnai dengan pesta. Agar pesta ini berjalan dengan sukses, persiapkan detilnya dengan seksama.

76

Desember 2012 www.anakku.net

4. Siapkan beberapa jenis makanan. Anda bisa memesan makanan, atau meminta teman membawakannya. Jangan lupa mencatat jenis makanannya, agar tak sama. 5. Ajak para tamu untuk membuat harapan di t­ ahun mendatang. Mereka bisa saling berbagi resolusi tahun baru masing-masing. 6. Jangan sampai Anda melewatkan tengah malam yang dinantikan. Kalau perlu gunakan alarm untuk mengingatkan.

Meriahnya pesta di rumah 1. Dekorasi rumah. Pasang beberapa kertas pita, balon-balon di sudut rumah, kalau ada kembang pasti lebih seru. 2. Pilih tema pesta dan acara yang lain dari biasanya. Jika ada dress code jangan lupa menginformasikan dress code yang diinginkan pada undangan. 3. Undang beberapa teman, sahabat, atau tetangga. Pastikan kehadirannya, dengan minta mereka untuk memberikan konfirmasi.

7. Agar acara lebih seru, matikan lampu, nyalakan lilin atau kembang api ketika detik-detik pergantian tahun tiba. 8. Informasikan dengan jelas kepada para tamu sampai jam berapa pesta akan berlangsung. Ini untuk menghindari tamu tinggal terlalu lama.

Foto-foto: Istimewa

• Persiapkan jauh-jauh hari, jangan membuat pesta secara mendadak. • Jangan lupa untuk ­menentukan tema pesta. Misalnya garden party atau formal. • Buat daftar tamu siapa saja yang akan di­undang. • Tentukan tempat yang akan digunakan di rumah atau menyewa tempat. • Bila memilih menyewa tempat. Segeralah memesan tempat yang diinginkan sebelum dipesan oleh orang lain. • Kirim undangan maksimal seminggu sebelum acara. Tuliskan dress code sesuai tema acara. Ini untuk menghindari salah kostum. • Siapkan hidangan yang akan ­disajikan. Lebihkan jumlahnya, ­karena kemungkinan tamu yang Anda undang tidak datang sendiri. • Pilih musik yang pas dengan tema pesta. • Cek ulang s­ eluruh kesiapan ­maksimal satu hari s­ ebelumnya. • Konfirmasi kembali tamu yang akan datang. Usahakan seluruh tamu akan hadir.


anakku famili

Merawat payudara sebelum si kecil hadir adalah salah satu cara untuk melancarkan pemberian ASI. Langkahlangkahnya bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan kanker serviks dengan metode pap smear yang diakui masih efektif hingga saat ini. Waspadai pula jika Anda sering mengalami gangguan pecernaan, atasi segera sebelum menjadi kronis.

Wulan P h oto b y N a th a l Ad ji e

78 Rawat payudara sejak hamil 80 ­7 Fakta ­tentang kanker serviks 82 ­Tanya jawab obgyn 84 ­Menu: yang segar di akhir tahun 86 ­IBS: gangguan pencernaan yang sering mengganggu www.anakku.net

Desember 2012

77


new mom

Rawat

Payudara Sejak Hamil Dewi Indira Konselor Laktasi Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI)

Payudara memiliki sistem otomatis untuk menyiapkan diri memproduksi susu selama kehamilan. Agar produksi ASI lebih baik lagi, lakukan perawatan sedini mungkin.

Apa yang terjadi pada payudara saat hamil?

l

Foto: Ramos Pane Pengarah Gaya: Andesi

Perkembangan payudara dalam kondisi tersebut salah satunya diatur oleh hormon. Hormon yang paling penting dalam pembentukan air susu adalah prolaktin, yang mulai bekerja sejak kehamilan usia 8 minggu. Hormon ini juga menjaga keseimbangan jumlah susu yang diproduksi pada tiap tahapan dengan bantuan hormon estrogen yang dibuat oleh plasenta. Karenanya perawatan payudara baik­nya dilakukan mulai usia kehamilan 3 bulan. Pada ibu hamil, pembuluh-pembuluh darah bekerja lebih aktif dalam ­menyiapkan kelenjar-kelenjar pada payudara, agar nantinya bisa berproduksi. Dalam payudara terdapat 15-25 segmen/cuping yang terdiri atas tandon kelenjar/alveoli. Lapisan otot terbentuk saling berkait di sekitar ­alveoli, yang nantinya akan ber­ kontraksi memeras susu keluar dari kantung saluran kecil yang mengalir ke puting susu.

78

Desember 2012 www.anakku.net

Tak hanya sekadar mempersiapkan nutrisi yang baik, baju-baju bayi, dan nama untuk si kecil, ibu hamil perlu juga memperhatikan perawatan ‘pabrik’ ASI-nya. Banyak ibu hamil mengabaikan perawatan payudara. Boleh jadi lantaran malas atau sesungguhnya belum mengetahui akan ­manfaatnya. “Perawatan payudara selama hamil sangat penting untuk kelancaran air susu kelak setelah melahirkan. Malah, dengan perawatan yang benar, hasilnya bukan cuma produksi yang cukup, tapi juga bentuk payudara akan tetap baik selama menyusui,” kata dr. Suharjanti Kramadibrata, Sp.OG dari RSPAD Gatot Subroto. Selain itu, perawatan yang tepat mampu menghindari hal-hal yang biasa hadir saat menyusui, seperti puting susu lecet, maupun pembengkakan payudara. Bayangkan kebaikan dan manfaatnya. Bagaimana panduan perawatan payudara selama hamil? >>


new mom

Perawatan payudara selama hamil sangat penting untuk kelancaran air susu kelak setelah melahirkan.

- Kehamilan 6-9 bulan Pada usia kehamilan 6 sampai 8 bulan, ukuran payudara biasanya lebih stabil. Inilah saat yang paling tepat untuk membeli bra kehamilan. Bra kehamilan biasanya tidak fleksibel seperti bra biasa karena harus mampu menopang dengan baik dan benar.

Foto: Istimewa

>>

Tip merawat payudara saat hamil - Kehamilan 3-6 bulan Pada tahap ini, payudara sedikit demi sedikit membesar. Tentunya, bra ukuran lama yang biasa Anda gunakan sudah perlu diganti. Anda bisa secara bertahap (tiap bulan) membeli bra dengan ukuran yang cup-nya lebih ­besar. Bra dengan kawat dan busa sudah waktunya ditinggalkan oleh ibu hamil. Kawat bra membuat payudara tak nyaman bahkan sakit. Busa pada bra dirancang untuk menonjolkan bentuk payudara. Selain untuk kenyamanan, ibu hamil tak perlu lagi menonjolkan payudara karena secara alami payudaranya menjadi lebih besar dari ukuran sebelumnya sebagai ­persiapan untuk memproduksi ASI. Oleh karena hormon kehamilan membuat diri Anda lebih mudah ber­keringat, maka rajin-rajinlah membersihkan payudara, areola, dan puting d ­ engan air bersih menggunakan waslap yang lembut. Kurangi tekanan ketika membersihkan puting karena area ini sangat sensitif.

Ilustrasi: Moller

Selain lebih kuat, jenis bra ini juga mampu mengurangi pegal atau sakit punggung. Selama masa kehamilan sebaiknya ibu memiliki 3-4 bra jenis itu. Namun, saat akan tidur, gantilah bra dengan bra tidur yang lebih lembut dan fleksibel agar tidur menjadi lebih nyaman. Puting dan areola bertambah ukuran­ nya pada trimester akhir. Hindari pemijatan di aera puting pada awal trimester ketiga karena tekanan pada saraf yang berada di puting dapat menghantarkan perintah pada otak melalui hormon untuk terjadinya ­kontraksi. Tentunya Anda tidak menginginkan kontraksi terjadi sebelum waktunya, bukan? Lalu, bagaimana cara membesihkan kerak yang sering kali ‘hinggap’ pada puting maupun membersikan lemak dan kotoran di payudara? Caranya masih sama, tetap bersihkan menggunakan air hangat. Hindari air yang agak panas, sabun, alkohol, dan lap yang kasar ketika membersihkan payudara karena akan membuatnya kering, lecet, atau bahkan infeksi. Agar kerak terangkat, kompres beberapa menit di area payudara sehingga kotoran melunak dan mudah dilap. Hanya gunakan air untuk membersihkan kedua daerah tersebut dan keringkan dengan handuk yang lembut.

Selain membantu menderaskan ASI, merawat payudara selama kehamilan juga membantu menyiapkan mental Anda untuk menghadapi proses menyusui kelak. Yuk, bersiap! Referensi: 1. Gwen Gotsch. Breastfeeding Pure & Simple.. La Leche League International. 2000. 2. Regional Health Education. Prenatal Breast Care. The Permanente Medical Group, Inc. 2007.

www.anakku.net

Desember 2012

79


new mom

7

a t k a F

tentang

Kanker Serviks

momok ­paling mengerikan bagi perempuan. Ketahui 7 fakta tentang kanker serviks yang wajib kita ­ketahui. 1. Apa itu kanker serviks? Kanker serviks adalah penyakit kanker yang menye­rang daerah leher rahim, yaitu organ ­repro­duksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim. Letaknya antara rahim (uterus) dengan vagina.

dr. Ira Simatupang, SpOG

Kanker ini 99,7% disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) onkogenik yang menyerang l­eher rahim. Berawal dari leher rahim, dan apabila telah memasuki tahap lanjut, kanker menyebar ke organ-organ lain di seluruh tubuh penderita. >>

80

Desember 2012 www.anakku.net

l

mulut rahim merupakan

Foto: Ramos Pane Pengarah Gaya: Andesi

Kanker serviks atau kanker


new mom >>

2. Seberapa bahaya? Badan Kesehatan Dunia (WHO) ­mengatakan saat ini penyakit kanker serviks m ­ enempati peringkat teratas di antara berbagai jenis kanker yang menyebabkan kematian pada perempuan di dunia. Di Indonesia, setiap tahun terdeteksi lebih dari 15.000 kasus kanker serviks. Sekitar 8.000 kasus di antaranya berakhir dengan kematian. Menurut WHO, Indonesia merupakan negara dengan jumlah penderita kanker serviks yang tertinggi di dunia. Kanker serviks sulit sekali dideteksi hingga penyakit telah mencapai stadium lanjut.

l

Foto: Ramos Pane Pengarah Gaya: Andesi

3. Apa penyebabnya? Pertama, kanker serviks disebabkan oleh virus HPV (Human Papilloma Virus). Virus ini memiliki lebih dari 100 tipe, di mana sebagian besar di antaranya tidak berbahaya dan akan lenyap dengan sendirinya. Jenis virus HPV yang menyebabkan kanker serviks dan paling fatal akibatnya adalah virus HPV tipe 16 dan 18. Kedua, selain disebabkan oleh virus HPV, sel-sel abnormal pada leher rahim juga bisa tumbuh akibat paparan radiasi atau pencemaran Tuba fallopi

Endometrium Kanker serviks

Rahim

Ovarium Serviks (Leher rahim) Vagina

bahan kimia yang terjadi dalam jangka waktu cukup lama.

• juga hambatan dalam berkemih, serta pembesaran ginjal.

4. Bagaimana penularannya?

6. Berapa lama masa pertumbuhan kanker ­ serviks ini?

Penularan virus HPV bisa terjadi melalui hubungan seksual, terutama yang dilakukan dengan berganti-ganti pasangan. Penularan virus ini dapat terjadi baik dengan cara transmisi melalui organ genital ke organ genital, oral ke genital, maupun secara manual ke genital. Karenanya, penggunaan kondom saat melakukan hubungan intim tidak terlalu berpengaruh mencegah penularan virus HPV. Sebab, tak hanya menular melalui cairan, virus ini bisa berpindah melalui sentuhan kulit.

5. Apa saja gejalanya? Pada tahap awal, penyakit ini tidak menimbulkan gejala yang mudah diamati. Itu sebabnya, Anda yang sudah aktif secara seksual amat dianjurkan untuk melakukan tes pap smear setiap dua tahun sekali. Gejala fisik serangan penyakit ini pada umumnya hanya dirasakan oleh penderita kanker stadium lanjut. Gejala kanker serviks tingkat lanjut adalah sebagai berikut: • munculnya rasa sakit dan perdarahan saat berhubungan intim (contact bleeding). • keputihan yang berlebihan dan tidak normal. • perdarahan di luar siklus menstruasi. • penurunan berat badan drastis. • apabila kanker sudah menyebar ke panggul, maka pasien akan menderita keluhan nyeri punggung

Masa preinvasif (pertumbuhan sel-sel abnormal sebelum menjadi keganasan) penyakit ini terbilang cukup lama, sehingga penderita yang berhasil mendeteksinya sejak dini dapat melakukan berbagai langkah untuk mengatasinya. Infeksi menetap akan menyebabkan pertumbuhan sel abnormal yang akhirnya dapat mengarah pada perkembangan kanker. Perkembangan ini memakan waktu antara 5-20 tahun, mulai dari tahap infeksi, lesi pra-kanker hingga positif menjadi kanker serviks.

7. Bagaimana cara mendeteksinya? Pap smear adalah metode pemerik­ saan standar untuk mendeteksi kanker leher rahim. Namun, pap smear bukanlah satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk mendeteksi penyakit ini. Ada pula jenis pemeriksaan dengan menggunakan asam asetat (cuka). Menggunakan asam asetat cuka adalah yang relatif lebih mudah dan lebih murah dilakukan. Jika menginginkan hasil yang lebih akurat, kini ada teknik pemeriksaan terbaru untuk deteksi dini kanker leher rahim, yang dinamakan teknologi Hybrid Capture II System (HCII). Konsultasikan dengan dokter Anda.

www.anakku.net

Desember 2012

81


t&j obgyn

Efektivitas Vaksin HPV T:

Ilustrasi: Moller

Dear Dr. Damar, Usia saya 32, memiliki anak usia 3 tahun. Apakah saya masih bisa vaksinasi. Soalnya saya pernah dengar bahwa vaksinasi hanya efektif bagi mereka yang belum pernah berhubungan intim. Mohon saran. Adinda GH, Semarang Dr. med. Damar Pramusinto, Sp.OG(K) Konsultan Obstetri & Ginekologi

J:

Ibu Adinda, Ditengarai, salah satu penyebab kanker leher rahim adalah infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Virus ini mempunyai lebih dari 100 tipe yang sangat spesies spesifik. Yang dimaksud spesies spesifik misalkan tipe 16 dapat menyebabkan 足 kanker sedangkan tipe 6 tidak. Jadi walaupun namanya sama-sama HPV, efek yang diakibatkan oleh tipe berbeda belum tentu serupa. 70% dari seluruh kanker serviks disebabkan oleh HPV tipe 16 dan 18, 5-10% disebabkan oleh HPV tipe 45 dan 31. Sedangkan tipe 6 dan 11,96% menjadi penyebab kondiloma genital, suatu penyakit yang menyerupai jengger di alat kelamin. HPV menyebar melalui kontak kulit dengan kulit, termasuk hubungan seksual, seks anal, seks oral, dan kontak lain yang melibatkan alat kelamin dan permukaan kulit. Di Amerika Serikat, infeksi HPV merupakan penyakit menular seksual yang paling sering. Risiko tertular HPV meningkat sejalan dengan bertambahnya jumlah pasangan seksual. Risiko ini tetap ada sepanjang perempuan tersebut aktif secara seksual. Saat ini, tersedia 2 jenis vaksin, yaitu HPV quadrivalent dan HPV bivalent yang dianjurkan diberikan pada perempuan usia 10-25 tahun untuk mencegah HPV tipe 16 dan 18. Di Amerika Serikat, vaksinasi HPV ini dianjurkan pada perempuan 9-26 tahun, tanpa memperdulikan apakah mereka pernah positif untuk

setiap tes infeksi HPV atau tidak. Vaksin diberikan 3 kali, dengan pemberian kedua 1-2 bulan kemudian, dan yang ketiga 6 bulan setelah yang pertama. Vaksin HPV4 hanya melindungi terhadap 4 tipe HPV, dan tidak dapat memberikan perlindungan terhadap tipe HPV lain atau yang telah diidap sebelumnya. Namun demikian, karena vaksin ini dapat melindungi terhadap 4 tipe HPV tersebut, maka tetap penting untuk seorang perempuan mendapat vaksinasi walaupun mereka telah terinfeksi dengan 1 atau lebih tipe yang dapat diproteksi oleh vaksin ini. Vaksin tidak boleh diberikan pada kehamilan dan mereka yang alergi terhadap vaksin ini. Berbagai studi melaporkan HPV4 dan HPV2 sangat efektif. Pada kasus ibu, di mana ibu sudah berusia 32 tahun dan sudah punya anak, seperti dijelaskan di atas, dapat diberikan vaksin ini. Walaupun mungkin saja kalau ibu sudah pernah terinfeksi salah satu tipe HPV tersebut, vaksin ini kurang bermanfaat terhadap tipe HPV tersebut. Ada pemeriksaan untuk mengetahui apakah seorang perempuan sudah terinfeksi HPV tipe risiko tinggi atau rendah, yaitu dengan pemeriksaan DNA HPV. Cara pengambilan sampel untuk pemeriksaan ini mirip dengan pap smear. Kendalanya, pemeriksaan ini masih relatif mahal. Demikian penjelasan saya, mudah-mudahan bermanfaat.

Konsultasikan masalah Anda pada pakar kami. Kirimkan pertanyaan Anda ke Redaksi Anakku: Jln. Kayu Putih Selatan No. 74, Jakarta Faks.: (021) 4786 4954, Email: redaksi@anakku.net 82

Desember 2012 www.anakku.net


www.anakku.net

Desember 2012

83


menu famili

Yang Segar

di Akhir Tahun Minuman segar dan dingin sangat pas disajikan untuk kesempatan istimewa di pesta akhir tahun. Perpaduan buah lychee, strawberry, dan jeruk nipis cocok disajikan di tengah keluarga tercinta. Dua resep minuman segar ala Cafe Chatterbox ini bisa diikuti dengan langkah-langkah yang mudah di­ ikuti. Selamat mencoba.

Lychee Frizz Berry Bahan:

Foto: Ramos Pane

• 15 ml • 15 ml • 2 Pcs • 100 ml • 1 pcs • 15 ml • 20 g • 5 g

84

Desember 2012 www.anakku.net

Cara membuat: Sirup strawberry Sirup lychee Lychee in Syrup Air mineral Buah strawberry Air jeruk nipis Crushed ice Daun mint

1. Tuang sirup strawberry dan lychee ke dalam blender. 2. Tambahkan perasaan jeruk nipis, air dan crushed ice. 3. Blend hingga halus dan merata. 4. Setelah halus, tuang ke dalam gelas. 5. Tambahkan lychee dan buah strawberry sebagai garnish.


Barley Selasih Rose Bahan: • 20 g • 20 g • 30 g • 45 ml • 30 ml • 90 ml • 1 scoop • 20 g

Selasih Jali-jali Lemon kuning Barley water Sirup rose Air mineral Es batu Es serut

Cara membuat: 1. Tuangkan sirup rose, es batu dan es serut ke dalam gelas. 2. Tambahkan jali-jali ke dalam gelas 3. Tambahkan selasih. 4. Tuangkan air mineral dan kemudian barley water ke dalam gelas. 5. Garnish dengan lemon slice.

Resep dan penata saji: Chatterbox (Grand Indonesia) Penata letak: Andesi Fotografer: Ramos Pane

85

Desember 2012 www.anakku.net

www.anakku.net

Desember 2012

85


new mom

IBS:

Gangguan Pencernaan yang Sering Mengganggu Dr. Ika Fitriana

dengan perut Anda? Diare, kembung, terasa tak nyaman, melilit, tapi kemudian menjadi susah buang air besar. Begitu secara bergantian. Apa masalahnya, ya?

Irritable bowel syndrome (IBS) adalah gangguan pencernaan yang sering terjadi, dengan gejala perut keram, kembung, disertai sendawa, dan perubahan pola buang air besar. Namun, setelah diperiksa tak ada gangguan yang ditemukan. Kadang gejalanya dominan diare, dominan konstipasi, atau malah dua-duanya. Gangguan ini sering dihubungkan dengan stres dan rasa cemas. Meski merepotkan namun tak ada kerusak足an permanen pada usus dan tidak mengarah pada penyakit yang berat.

足 ering kali pasien dengan IBS S berkunjung ke berbagai dokter dan ingin m 足 eyakinkan apa penyakitnya. Keluh足an ini merupakan penyebab kedua karyawan izin bekerja setelah batuk pilek. Pengobatan lebih pada meredakan gejala dan belum jelas diketahui penyebabnya. Ayah, ibu, atau saudara kandung yang memiliki IBS, riwayat gangguan cemas dan depresi adalah faktor risiko IBS. Namun tak semua pasien IBS memiliki masalah kecemasan atau gangguan mood. Suatu penelitian memperlihatkan sekitar setengah orang yang diteliti pernah mengalami gangguan tersebut, meskipun cuma sekali.

l

Saluran cerna reaktif Gejala IBS berhubungan dengan gangguan fungsi gerakan usus besar dan usus kecil.

86

Desember 2012 www.anakku.net

www.anakku.net

Desember 2012

Foto: Ramos Pane Pengarah Gaya: Andesi

Ada yang tak beres

86


Ada teori lain yang mengatakan bahwa ketidakseimbangan bakteri baik dan jahat di usus lah yang menyebabkan gangguan buang air besar ini. dokter memberikan terapi Laktobasilus untuk menyeimbangkan berbagai flora usus. Hal ini diperkuat dengan meningkatnya kejadian IBS setelah infeksi saluran cerna bakterial.

l

Foto: Ramos Pane Pengarah Gaya: Andesi

Kenali gejala IBS

Aktivitas gerakan usus rektosigmoid lebih lambat pada penderita IBS dibanding orang normal, sehingga menyebabkan gejala konstipasi. Sedang­ kan penderita IBS dengan dominasi diare justru memiliki waktu transit yang lebih cepat akibat perubahan aktivitas listrik otot di usus halus. Saluran cerna yang sensitif merupakan istilah tepat menggambarkan IBS, karena respon terhadap rangsang yang berlebihan menyebabkan sakit perut dan kembung. Tapi tak semua penderita IBS mengeluh sakit perut, hal inilah penyebab sebagian mereka tak berobat. Konon berbagai gejala ini berhubungan dengan pengaturan di otak lewat jalur yang rumit. Teori lain mengatakan saluran cerna pende­rita IBS mengandung sel darah putih yang berhubungan dengan keluhan sakit perut, namun seberapa besar­ ­pengaruhnya masih belum jelas. Ada teori lain yang mengatakan bahwa ketidakseimbangan bakteri baik dan jahat di usus lah yang menyebabkan gangguan buang air besar ini, yang menjadi dasar beberapa

• Sakit perut kronis, dari ringan hingga sangat mengganggu. • Gangguan pola buang air besar. • Kembung, mudah buang angin atau sendawa. • Buang air besar kerap disertai lendir • Pada yang dominan diare, keluhannya sering BAB disertai keram perut dan keinginan ke belakang yang tak bisa ditahan. Setelah BAB, ada rasa kurang puas padahal isi perut sudah semua keluar. • Sedangkan yang dominan ­konstipasi, sulit BAB bisa terjadi dari hari ke bulan, diselingi diare atau BAB normal. Feses sering keras dan kecil-kecil. • Bisa disertai gejala sakit maag (dispepsia) atau keluhan saluran cerna atas lain seperti sulit menelan, rasa panas di dada akibat asam lambung, cepat kenyang, mual, dan sebagainya. • Kadang disertai gejala lain seperti nyeri haid, nyeri saat berhubungan intim, sering buang air kecil, pegal-pegal, hingga gangguan fungsi seksual.

Apa yang bisa dilakukan? Karena penyebab pasti belum di­ ketahui, penanganan ditujukan untuk ­mengatasi gejala. Mengubah pola gaya hidup seperti meningkatkan ­asupan cairan serta mencegah kafein, ­laktosa yang terdapat pada susu ataupun fruktosa. Peningkatan asupan serat dapat ­mengurangi keluhan konstipasi dan diare meskipun telaah

kritis menunjukkan keuntungan yang tak bermakna. • Ingat! Keluhan ini bersifat datang dan pergi dan tidak berbahaya. Hal ini akan mengurangi kekhawatiran dan membuat penderita dapat ­menerimanya tanpa cemas. • Antispasmodik. Obat ini menurun­ kan aktivitas motorik usus dan ­menguntungkan bagi mereka yang mengalami sakit perut setelah makan, kembung, atau rasa ingin ke belakang yang tak bisa ditahan. • Anti diare. Pemberian anti diare ­seperti loperamid bagi penderita IBS yang dominan diare bisa diberikan sesuai gejala. Namun, konsultasikan ke dokter karena obat ini memiliki efek samping yang kurang nyaman bagi pemakainya. • Terapi kognitif dan perilaku. Bagi penderita dengan manajemen stres yang kurang baik, dapat dilakukan terapi relaksasi atau teknik menye­lesaikan masalah yang dapat m ­ engurangi 50% keluhan ­pencernaan. • Obat antidepresan atau hipnoterapi • Obat yang mengurangi gejala lain, seperti obat antiflatulens (untuk mengurangi buang angin), obat anti nyeri kronik, probiotik, dan terapi lainnya yang masih tetap diuji coba hingga saat ini. Referensi: 1. Spiller, R. Aziz, Q, Creed, F, Emmanuel, A, Houghton L, et al. Guidelines on the irritable bowel syndrome: mechanisms and practical management. Gut 2007;56:1770– 1798. 2. Camilleri, M. Peripheral mechanisms in irritable bowel syndrome. N Engl J Med 25-OCT-2012; 367(17): 1626-35

www.anakku.net

Desember 2012

87


formulir berlangganan

Ya..!

Saya ingin menjadi pelanggan Majalah Anakku. Nama Lengkap

:

Tempat/ Tgl. Lahir : Alamat : Propinsi

:

No. Telepon

:

Email

:

Kode Pos

No. Hp

Harga Per Eksemplar Rp25.000 Mulai berlangganan bulan :

Tahun

12 Edisi Rp 240.000

24 Edisi Rp 420.000

(Harga sudah termasuk diskon 20%)

(Harga sudah termasuk diskon 30%)

*Untuk di luar wilayah JABODETABEK dikenakan ongkos kirim

Transfer a/n : PT. Anak Cerdas Indonesia BCA Cabang Kelapa Gading Mall a/c No. 632-018-0404 Bukti transfer dan formulir berlangganan dikirim atau di faks ke alamat redaksi

Jln. Kayu Putih Selatan No. 74, Jakarta Timur Telp. : 021-4786 3434, Faks : 021-4786 4954

Kunjungi juga www.anakku.net

ck cashba

50.000 Rupiah

paket khusus nan ga berlang i e 24 dis

|

anakku.info

|

@anakku Majalah Anakku kini hadir

Dapatkan berbagai paket diskon dan hadiah menarik

dengan tampilan dan rubrik-

untuk berlangganan periode tertentu.

yang memikat.

rubrik baru

Pastikan Anda selalu mendapat info terbaru dari para ahli seputar kesehatan anak & bunda, pendidikan, psikologi anak, tren fashion terkini juga menu sehat untuk keluarga.

88

Desember 2012 www.anakku.net


edisi 12/VII/2012

www.anakku.net

Anakku edisi des 2012  

Majalah anakku edisi desember 2012

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you