Page 1

AN1MAGINE

enlightening open mind generations

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

www.an1mage.org

1


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

CALL FOR PAPER An1mage Jurnal Studi Kultural

Kamu dosen dan atau peneliti kritis diberbagai bidang sains terapan. Call for paper dengan tema: inovasi baru untuk sains sosial dan sains eksakta, pemikiran kritis, menguak mitos, mencerahkan pemikiran, teknik dan teknologi baru? Kamu punya artikel yang mampu memberikan perlawanan dan pencerahan dari dominasi, hegemoni, mitos, dan pemarginalan terstruktur dari suatu konstruksi oleh seseorang dan atau oleh sekelompok orang di berbagai disiplin ilmu yang menindas yang terjadi di swasta maupun di pemerintahan? Kirim artikel penelitianmu sebelum 25 Juni 2018 ke: an1mage@an1mage.org atau kirim secara online di: http://journals.an1mage.net/index.php/ajsk

www.an1mage.org

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

2


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

DAFTAR ISI ISAAC NEWTON: ..................................... 5 GAZING: Gerak Lurus Beraturan ............. 7 KOMPATIBEL DNA .................................. 9 YUK MENGGAMBAR: ............................ 19 HENDRA GUNAWAN............................. 28 PRAMBANAN: Akhir Zaman .................. 35 PENYEMBAH LISTRIK .......................... 44 IULI GELAR OPEN HOUSE: .................. 50 UNPAM: ACCFEST 2017 ....................... 52 KALBIS: CSAI 2017 ................................ 56 BUKU BARU BULAN INI ........................ 63 ELEMEN & PRINSIP ANIMASI 3D: ....... 65 Archilum .................................................. 79 ARRIVAL ................................................ 91 BLENDER: Modeling 9 ........................... 93 Download edisi sebelumnya di sini: http://store.an1mage.net/store/index.php?route =product/category&path=20_26

AN1MAGINE ISSN: 2502-3381 www.an1mage.org https://www.facebook.com/An1mage

Visi Membuka, mencerahkan pikiran generasi baru agar menjadi lebih terbuka lagi dalam logika dan kreatifitas sehingga menjadi generasi yang cinta damai, berkemanusiaan, sayang pada sesama, sayang pada satwa, tanaman, lingkungan, alam, dan jagat raya. Misi Menghasilkan media hiburan bulanan yang ringan, berbagi ilmu pengetahuan sekaligus mengedukasi sesuai visi.

DIREKTUR Michael Sega Gumelar

REDAKTUR PELAKSANA Archana Universa

REDAKSI

Aswin Chandra Guntur Tri Wibawa Assyfa Zahra Putri Kevin Putranto Wulan Ardhana

Agar selalu update terbitan An1magine? An1mareaders silakan gabung di sini:

ALAMAT 53 Abergeldie Road Aberdeen AB10 6ED Scotland – UK An1mage@an1mage.org

an1mage:an1mareaders https://www.facebook.com/groups/an1mareaders/

All content in this monthly digital magazine, logo, illustration, story, characters and the distinctive likeness (es) thereof are Trademarks & Copyright © 2017 – AN1MAGE. ALL RIGHTS RESERVED.

Cottonwood Tower C2020, BSD, Tangerang Banten – 15310 Jl. Drupadi XIV No. 11 Renon, Denpasar Bali – 80266 IKLAN 08888988005

iklan@an1mage.net enlightening open mind generations

www.an1mage.org

3


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

AGEN PERUBAHAN

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/co mmons/3/39/GodfreyKnellerIsaacNewton-1689.jpg

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

4


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

ISAAC NEWTON: Si Genius Penganut Heliosentris Kevin Putranto

Pencetus teori warna, teori gravitasi, juga mempelajari planet-planet. Tebak siapa genius ini an1mareaders?

Isaac Newton lahir di Woolsthorpe, Colsterworth, Lincolnshire, Inggris 4 Januari 1643. Dia adalah fisikawan, matematikawan, ahli astronomi, filsuf alam, alkimiawan yang tentunya merupakan pengikut aliran heliosentris

pertamanya berjudul PhilosophiĂŚ Naturalis Principia Mathematica tahun 1687 menunjukkan konsistensi antara hukum gerak planet ala Kepler dengan teori gravitasinya. Newton juga mengamati refraksi cahaya bahwa kaca prisma dapat membagi-bagi cahaya bening menjadi berbagai spektrum warna, serta lensa dan prisma keduanya akan menggabungkan kembali cahayacahaya tersebut menjadi cahaya bening.

Sempat bersekolah di The King's School, keluarganya mengeluarkannya dan mengatakan Newton menjadi petani saja. Namun kemudian Newton masuk Universitas Cambridge. Di sini dia banyak belajar pemikiran Copernicus, Galileo, dan Kepler, juga Descartes.

Selain itu, Newton juga mempelajari kecepatan suara. The Chronology of Ancient Kingdoms Amended (1728) dan Observations Upon the Prophecies of Daniel and the Apocalypse of St. John (1733) diterbitkan setelah kematiannya.

Newton menjabat Professor of Mathematics pada tahun 1669. Karya

Newton meninggal di London pada tanggal 31 Maret 1727, di usia 84 tahun dan dikebumikan di Westminster Abbey.

https://news.nationalgeographic.com/cont enlightening open mind generations ent/dam/news/photos/000/116/11606.ngsv ersion.1421958893384.adapt.1900.1.jpg

www.an1mage.org

5


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

KOMIK

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

6


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

GAZING: Gerak Lurus Beraturan

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

7


AN1MAGINE

enlightening open mind generations

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

www.an1mage.org

8


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

KOMPATIBEL DNA BRAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAL ATM di suatu tepi jalan tercabut dengan paksa, percikan ion listrik bertebaran di sekitarnya. Seseorang dengan kekuatan yang luar biasa menarik ATM tersebut dari tempatnya, kemudian orang tersebut dengan mudahnya merobek bagian dalam ATM dan mengambil uang di dalamnya. Orang-orang panik dan ada juga yang keheranan menyaksikan kejadian tersebut, bahkan ada yang memvideokannya. Orang bertopeng sapu tanganyang merusak ATM tersebut dengan santai memasukkan uang ke dalam karung yang telah disiapkannya. Setelah semua uang dikurasnya. Lalu dia berjalan dengan santai ke arah pedagang cilok kaki lima dan memberikan beberapa gepok uang, kemudian dia mengambil lagi dan menaburkan beberapa gepok uang ke udara. Orang-orang berlarian berebutan uang tersebut. Kemudian dengan cepat orang bertopeng sapu tangan berpakaian jaket jeans biru, celana jeans biru, dan berkaos abu-abu tersebut mendadak melesat ke atas dan terbang meninggalkan beberapa orang dengan kekaguman dan keheranan.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

“Demikianlah rekaman video kejadian di Jogja yang dilakukan oleh Kirana dalam kejadian seorang yang beraksi mirip Robin Hood, Sherwood Forest dari Inggris di masa lalu, bagaimana pendapat Anda sebagai psikolog dan pengamat sosial Pak Narendra?” tanya jurnalis wanita di Channel 6. “Suatu kejadian yang unik, kebanyakan penjahat mementingkan dirinya, dan penjahat selalu berpikiranuntuk mengorbankan orang lain, seperti mencopet, merampok, dan sejenisnya…” jawab Narendra, menghela napas. “Tetapi orang ini dengan kekuatan supernya, dia tidak melakukan itu, dia berpikir cerdas, bekerja dengan cerdas, ATM adalah gudang kecil uang…” “… dan cenderung tanpa penjagaan, pilihan yang logis bagi orang yang menghindarkan kekerasan terhadap orang lain, dan hasilnya tidak dia gunakan untuk dirinya sendiri, dia gunakan juga untuk membantu orang lainnya…” Narendra terhenti sejenak. “Membantu orang lain yang dewasa ini kita semua sudah tidak peduli lagi untuk melakukannya…” Narendra berhenti dan mengelap air matanya yang tidak sengaja menetes.

9


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

* Rumah Sakit Surabaya. Seseorang bergegas ke ruangan pembayaran. Seorang pria usia 35 tahun dengan wajah yang berewoknya muncul karena belum sempat dicukur dalam beberapa hari, ada beberapa uban putih bertebaran di rambut dan berewoknya. “Berapa tepatnya total biaya anak saya dan istri saya?” tanya dengan wajah tegang menatap kepada seorang wanita kasir rumah sakit tersebut. Setelah membayar, orang tersebut bergegas ke suatu ruangan. Dia berhenti di depan pintu kamar bertuliskan Cherry 208. Melihat melalui kaca pembatas ke arah seorang gadis kecil berusia sekitar 7 tahunan yang tertidur, kepala diperban, dan bagian lehernya diberi penyangga gadis kecil tersebut sedang diinfus, ada pendeteksi jantung yang sedang berfungsi.

Tangannya bergerak mendekati tangan istrinya. Kemudian ia menggenggam tangannya. Istrinya terbangun dan tersenyum padanya, senyum yang disertai penderitaan. “Kau sudah kembali Pak… apakah kau berhasil meminjam uang untuk biaya rumah sakit? Seperti kau tahu, pihak asuransi sudah tidak mau membiayai karena sudah melebihi limit biaya pertanggungan mereka…” ujar istrinya. “Jangan dipikirkan sayang, aku sudah mendapatkan pinjaman dari orang yang mau membantu kita, ibu tenang saja, masalah biaya sudah teratasi, yang penting kamu sembuh dan anak kita juga sembuh" jawab pria tersebut. “Syukurlah Pak, Ibu merasa sudah tidak punya harapan untuk mendapatkan uang untuk sakit ini” si istri terlihat lebih tenang. Pintu terbuka, seorang dokter dan dua orang suster masuk ke ruangan tersebut. Kemudian dokter bergerak ke arah anak pria tersebut.

Tiiiit

“Bagaimana dok?” tanya pria tersebut.

Tiiit

“Kami belum tahu Pak Dirman, anak Bapak koma, mengalami gegar otak yang parah, kepalanya retak dengan parah, kami berusaha sebaik mungkin agar dia sembuh” jawab dokter tersebut.

Tiiit Perlahan pria itu membuka pintu ruangan tersebut, kemudian dia menoleh ke sisi tempat tidur lainnya, dia melihat istrinya sedang tertidur pulas dengan wajah yang terlihat sedih, ia melihat beberapa rambut rontok di bantal nya, sedang tangannya juga sedang diinfus. Pria tersebut dengan hati-hati mengambil tempat duduk dorong, dan perlahan menempatkannya di antara kedua tempat tidur tersebut. Ia duduk termenung kemudian dengan perlahan mengusapkan tangannya ke dahi anaknya, kemudian mencium pipinya. Ada pancaran harapan yang tersirat di wajahnya. Kemudian dia melihat ke istrinya yang ada di tempat tidur di samping kanannya.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

*

“Rangga, bagaimana menurutmu?” Tanya Mala. “Bagus, sesuai dengan kulitmu, warnanya OK, warna seperti daging buah blewah” Jawab Rangga. “Saya ambil yang ini, dan dua yang tadi ya Mbak,” kata Mala kepada SPG Butik Sare. SPG Butik Sare tersebut mengganguk dan segera membungkus baju-baju pilihan Mala.

10


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

“Baiklah Pak Sopir, antar aku kembali ke kantor ya,” goda Mala ke Rangga.

“Selamat siang, saya Istiana…” wanita tersebut balik meperkenalkan dirinya.

“Baik Non, silakan masuuuk…” jawab Rangga sembari membuka pintu mobil samping kiri untuk Mala, setelah Mala masuk, Rangga segera menutup pintu tersebut.

“Hai Bu Istiana, ada yang bisa saya bantu?” Rangga bertanya langsung pada permasalahannya.

Segera Rangga berlari ke pintu lainnya untuk mengemudikan mobil Jaguar tersebut.

*

“Kita sudah sampai Nona Mala,” kata Rangga melanjutkan candaannya. “Makasih Pak Sopir, kalau kau ada keperluan, silakan langsung dibawa aja mobilnya, nanti sore jemput aku lagi ya,” ujar Mala sembari mengecup bibir Rangga. “Baik, tapi mobilnya ga aku bawa, aku naik motorku aja,” Kata Rangga. “Terserah, yang penting, kamu harus hadir di sini untuk menjemputku tepat jam 5 sore OK” Mala cemberut. “OK OK no problem, jam 5 aku uda di sini,” jawab Rangga.

* “Pak Rangga seorang klien telah menunggu setengah jam di ruang tamu,” kata sekretaris Rangga. “Baik Nasa terima kasih, pastikan dia sudah mendapatkan minuman,” kata Rangga. “Sudah Pak Rangga,” jawab Nasa. “OK terima kasih Nasa,” Rangga segera bergegas ke ruang tamu kantornya. “Selamat siang, saya Rangga, detektif swasta,” Rangga memperkenalkan dirinya.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

“Eh… Nona, Pak Rangga…” Istiana tersenyum. “Oh maaf Nona Istiana…” Rangga jengah. “Begini Pak Rangga, beberapa bulan ini perusahaan saya sering kehilangan uang puluhan juta di brankas, padahal telah kami lakukan ganti kombinasi beberapa kali, dan juga kami memasang kamera pengawas di setiap sudut tetapi uang tetap hilang di bulan-bulan berikutnya” jelas Istiana. “Kenapa tidak ke polisi?” Tanya Rangga. “Sudah saya laporkan, dan mereka hanya bilang bahwa mereka tidak menangani masalah pencurian dengan cara mistis,” jawab Istiana. “Sudah berapa bulan tepatnya Nona kejadian ini?” tanya Rangga. “Sebenarnya baru total empat bulan ini,” jawab Istiana. “Kenapa tidak ditabungkan di bank saja Nona?” Tanya Rangga. “Kami memang menabungkan ke bank, tetapi harus menunggu giliran penjagaan, karena kami menyewa sekuriti swasta khusus untuk pengawalan tersebut, jadi ada jadwalnya” jelas Istiana. “Baiklah, apakah ada pihak-pihak atau seseorang yang dicurigai?” tanya Rangga. “Entahlah, saya seorang entreprenuer, muda, cantik, dan sukses, tentu saja ada banyak yang iri, dengki, dan mungkin hanya persaingan bisnis, mungkin mantan karyawan saya, atau karyawan saya yang masih bekerja, entahlah…” jawab Istiana. Rangga tersenyum dan melihat lekat-lekat ke wanita muda tersebut.

11


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

“Baiklah, saya memerlukan check list uang sebelum hilang dan sesudahnya, dan berapa jumlahnya, serta hari dan jam kejadian yang memungkinkan telah dicatat selama ini, dan alamat kantor Nona” Rangga menjelaskan.

pengawas tentang Anda detektif mengenai hal ini,” jawab Istiana. “Terima kasih” Rangga menyambut gembira.

* * “Inilah brankas tersebut, seperti yang Anda lihat, semua kamera pengawas mengarah ke brankas ini dari semua sisi,” jelas Istiana. “Luar biasa ada 24 kamera dari berbagai sudut dan tidak merekam apa pun…” Rangga kagum. “Tepatnya 60 kamera, ada yang kami pasang di luar area sebelum masuk ke ruangan ini, dan beberapa area luar ruangan ini yang punya potensi adanya orang keluar masuk gedung” jelas Istiana. “Ini daftar yang Anda perlukan detektif,” Istiana menyerahkan segepok lembar kertas daftar kejadian yang dimaksud. “Saya ingin tahu siapa pelakunya, apa motifnya, dan yang paling penting, jangan katakan ini ulah mahluk mistis, seperti tuyul misalnya” mata Istiana menatap tajam kepada Rangga. Rangga terkesiap, mata tersebut seperti mata Mala. Mata yang penuh perjuangan dan kekerasan pikiran dalam menggapai cita-cita dan mampu mengarahkan orang lain untuk bekerja dalam timnya. Mata yang sampai saat ini Rangga belum memilikinya, mata yang berwibawa. “Baik Nona, apakah boleh saya tinggal di ruang pengawasan bersama petugas pengawas agar memaksimumkan saya untuk mengetahui apa yang sedang dan akan terjadi?” Rangga meminta persetujuan. “Baiklah, silakan, ada ruangan kosong di sayap timur yang dapat digunakan untuk tinggal beberapa lama sesuai keperluan, dan akan saya infokan ke bagian

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

“Apa yang Bapak-bapak alami dan lihat saat kejadian tersebut?” Tanya Rangga di ruangan pengawas. Rangga berbincang dengan dua orang pengawas yang bertugas melihat tampilan yang ada di monitor yang terhubung dengan semua kamera pengawas yang ada. “Tidak ada tanda-tanda apa pun, dan tidak ada kejadian apa pun yang terlihat di monitor saat kejadian tersebut” jawab sekuriti 1. “Saya malah curiga, ini hanya akal-akalan Istiana saja,” celetuk sekuriti 2. “Hush jangan begitu Mite, dia bos kita, yang memberi kita makan,” Tegur sekuriti pertama. “Tetapi Kopo, dia telah memecat dua sekuriti lainnya karena kejadian ini, sepertinya ini hanya salah satu alasan saja untuk mengurangi beban perusahaan,” jawab Mite dengan mendengus. “Dia melakukannya karena merasa mereka tidak melakukan tugasnya dengan baik Mite,” jelas Kopo. “Apakah kita juga telah melakukan tugas dengan baik? Sejak hilangnya uang tersebut, dan dengan kita di sini, uang juga tetap menghilang, dia punya alasan untuk memecat kita selanjutnya,” gerutu Mite. “Dia juga telah memecat pegawai yang Meletakkan uang di brankas karena dia merasa ada ketelodoran, tetapi tidak terbukti, dan dia tetap memecatnya bukan?” Mite melanjutkan gerutuannya.

12


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

“Ya terkadang orang melakukan hal yang di luar dugaan karena kecurigaan dan kepanikan, tetapi nanti saya akan mengusulkan agar mereka dipekerjakan kembali setelah masalah ini tersolusikan,” Kopo menenangkan dengan pikiran bijaknya. Mite terdiam, lalu melihat ke arah Rangga. “Jadi apa yang akan kau lakukan detektif?” tanya Mite. “Entahlah… ini juga kasus pertama saya mengenai hal yang aneh begini…” Rangga menggaruk kepalanya yang tidak gatal, kebiasaan buruknya saat menemukan hal yang sulit untuk disolusikan dan belum dipahaminya. Dua pengawas tadi melongo melihat Rangga. Kemudian keduanya berpandangan.

*

“Yang terjadi di sana adalah brankas tetap tertutup, tidak ada perusakan kunci brankas, tidak ada tampilan apa pun di layar monitor, tidak ada yang membuka brankas juga, tetapi uang telah hilang,” Rangga menjelaskan. “Hm… aku tidak tahu bila ada teknologi di masa kini yang sudah menemukan teleport dan mengambil uang kecil dan tidak di bank yang besar,” gumam Prof. Habibie. “Teleport, tetapi apakah memungkinkan bila teknologi ada dan melakukan hal tersebut?” Rangga antusias kembali, “Memungkinkan bila menggunakan teleport, masuk ke ruangan tersebut, lalu mengambilnya, dan teleport lagi ke luar area,” jelas Prof. Habibie. “Tunggu Prof. apakah teleport bisa mengecilkan ukuran?” tanya Rangga.

“Prof. Habibie apakah tuyul atau mahluk sejenis itu ada?” tanya Rangga.

“Setahuku tidak, tetapi mungkin saja digabungklan dengan teknologi pengecil ukuran,” jelas Prof. Habibie.

“Kau bercanda Rangga, kau berbicara dengan orang fisika, bukan dukun,” jelas Prof. Habibie menggerutu.

“Ya… itu baru memungkinkan, sebab uangnya di brankas ukuran sekitar 75 cm persegi, tidak berbentuk ruangan besar.

“Serius Prof, paling tidak adakah potensi mahluk seperti itu ala fisika, menurut Prof?” Rangga mencoba mengarahkan ke fisika.

“Ya… tetapi mengapa mengambil uang kecil di klienmu, ada banyak duit di bank bukan? Bodoh kalau memiliki teknologi canggih dan mengambil uang perusahaan yang sedang berkembang, uangnya sedikit bukan?” Prof. Habibie berlogika.

“Cloak Mode,” Prof. Habibie singkat. “Apa Prof? Clock mode? Mode jam?,” Rangga kurang jelas. “Teknologi menghilang, dengan meng-onkan sejenis alat menghilang dalam mode menghilang, maka itu memungkinkan,” jelas Prof, Habibie. “Apakah teknologi menghilang dapat menembus dinding dan mengambil uangnya?” tanya Rangga antusias. “Tidak bisa, dia hanya menghilang dan tidak dapat menembus dinding,” jelas Prof.Habibie.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

“Yaaaa…. Prof. benar… tetapi ada potensi bahwa bukan mahluk mistis pelakunya bukan?” Rangga menjelaskan maksudnya. “Tentu saja bukaaaaan…” Prof. Habibie menolak dengan nada panjang.

* ATM kedua telah dirusak dan diambil uangnya, tetapi kejadiannya di area Gresik Jawa Timur, entah pelakunya orang yang sama atau berbeda, sebab kejadiannya malam hari dan tidak ada rekaman apa

13


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

pun yang dilakukan oleh saksi mata. Tetapi kami mendapatkan rekaman dari ATM sebelum kejadian.

“Aku belum tahu, sepertinya dalam beberapa tahun terakhir ini sejak Rangga mendapatkan kekuatan supernya…”

Seseorang dengan helm fullface berwarna merah menutup wajah secara penuh mendadak muncul, dan kemudian rekaman terhenti karena perekam di ATM tidak ada daya listrik untuk melanjutkan rekaman videonya.

“…. beberapa bulan setelah kejadian Cleopatra, telah muncul orang-orang baru dengan kekuatan super, yang entah dari mana mereka mendapatkan kekuatan super tersebut…?” Selo berkata lirih.

“Apakah ada potensi pelakunya sama dengan yang di Jogja? Bagaimana pendapat Anda Pak Taruna ” Tanya jurnalis pria di Channel 6. “Ada potensi iya, ada potensi tidak, kalau yang di Jogja terlihat jelas pelakunya memiliki kekuatan super, tetapi yang di Gresik…” “… tidak jelas apakah dia memiliki kekuatan super atau hanya menggunakan alat berat untuk merusak ATM tersebut, penjahat biasanya terinspirasi melakukan kejahatan yang dilakukan penjahat lainnya, dengan cara berbeda namun tujuannya sama,” jelas Taruna. “Bagaimana pendapatmu Pak Presiden?” tanya Maung Bodas saat mereka melihat Channel 6 di TV. “Ah sudah kukatakanberkali-kali Bodas, panggil aku Selo saja,” gumam Selo Adimulyo yang telah menjadi presiden. “Sepertinya ayah selalu lupa,” celetuk Maung Geulis. “Hei… aku menghormati seorang presiden, dan layak disebut presiden,” Maung Bodas berargumen. “Ya. Asal kau tahu, aku tidak suka dipanggil presiden oleh sahabatku, seolah menjauhkan persahabatan kita,” jelas Selo. “Hm.., kau benar, baiklah Selo, apa yang akan kita lakukan dengan kejadian tersebut?” Tanya Maung Bodas.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

“Apakah kau merasa ada kaitannya dengan Rangga?” Maung Geulis mengernyitkan dahinya. “Bisa iya, bisa tidak,” Selo menimpali,”Tetapi paling tidak kemunculan Rangga mungkin memberi inspirasi bagi beberapa mutan atau mahluk dari planet lainnya yang memiliki kekuatan lebih untuk menggunakan kekuatannya,” jelas Selo. “Ya buktinya kita juga gara-gara kejadian Cleo membuat kita mengeluarkan kekuatan kita walaupun tidak secara terbuka kepada publik,” Maung Gelis menambahkan. “Apalagi dengan kenaifan Rangga, yang selalu cenderung membantu orang yang dalam kesulitan setiap dia melihatnya, seolah gatal ingin menyelamatkan semua orang yang dalam kesulitan dan bahaya, berlagak sok jadi tuhan,” Maung bodas mengingat sikap naif Rangga. “Ya kau benar Bodas,” Selo menambahkan. “Begini saja, tugaskan Carbyne untuk menangani hal ini, kurasa dia memiliki kekuatan seimbang dengan pelaku perusakan ATM,” kata Selo. “Maksudmu si Karbin, dari planet Krias, Galaksi Adkhfa,” kata Maung Bodas menegaskan. “Iya Carbyne, Karbin,” Maung Geulis mengulangi. “Baiklah, sepertinya tugas ini cocok buat dia, apalagi si pelaku pembobolan ATM tidak menggunakan energi apa pun seperti Cleo yang dapat melumerkan tubuhnya” Maung Bodas kemudian bergegas

14


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

meninggalkan ruangan kepresidenan tersebut.

lagi,” Mega berargumen sembari memicingkan mata ke Dita.

“Ah seolah tubuh kita juga tidak akan hangus terkena energi penghancur Cleo,” gumam Maung Geulis.

“Nah itu dia Mega, perusahaan belum mau melakukannya,” Dita bersedih.

“Ayahmu selalu memandang keselamatan orang lain terlebih dahulu daripada berpikir keselamatan dirinya, aku mengenal baik sifatnya, biarkan saja,” Selo menatap Maung Geulis. “Kau benar, ada baiknya aku kembali ke ruang kesekretariatan,” Maung Geulis pamit. Selo Adimulyo mengangkat gelasnya sembari mengangguk menyetujuinya.

* “Bukankah program Presiden Selo mulai berjalan, semua orang digaji per jam, memiliki asuransi kesehatan dan Santunan jiwa bila sakit dan atau kecelakaan…?” “…kemudian pajak juga sudah fair dikembalikan ke rakyat sebagai uang pensiun bagi pegawai negeri maupun swasta dan juga pendidikan gratis bagi semua orang yang memerlukannya dari pajak yang dipungut tersebut?” jelas Mega.

“Apakah ada sangsi bagi perusahaan yang belum mengikuti aturan baru presiden Selo tersebut?” Tanya Dita. “Ada sih dalam peraturan pemerintah nomor 79 yang dikeluarkan pemerintahan Presiden Selo, tetapi memang tidak langsung, aturan itu memberi tenggang waktu sampai tiga tahun untuk transisi ini, setelah itu bagi perusahaan yang masih belum menerapkannya, perusahaan tersebut akan dicabut izin usahanya” jelas Mega. “Yah pantesan, padahal aturan ini baru berjalan satu setengah tahun setelah Presiden Selo mengeluarkan aturan tersebut, minimal masih menunggu satu setengah tahun lagi deh…” gerutu Dita. “Tiara berangkat ke kampus dulu yang Kak Dita,” seorang gadis berusia sekitar 18-an pamitan kepada Dita. “Yaaaa… hati-hati di jalan ya,” ucap Dita perhatian. “Baik Kaaaak,” jawab Tiara. *

“Iya, tetapi masih ada perusahaan, rumah sakit, danbeberapa instansi swasta yang belum melakukannya,” Jelas Dita.

“Percuma aku menyewa Anda sebagai detektif Rangga!,” teriak Istiana kepada Rangga.

“Salah satunya perusahaanmu kan?” Selidik Mega.

“Maaf Nona Istiana, benar-benar saya tidak mengerti, semua kamera on saat kejadian, dan kami semua mengawasi melalui layar monitor tersebut, dan memang tidak ada apa pun yang muncul saat kejadian itu?” Rangga putus asa.

“Iya, itu dia, katanya perusahaannya baru berkembang, jadi mengubah pola membayar gaji bulanan ke per jam merugikan perusahaan,” jelas Dita. “Merugikan bagaimana? Kan dikonversi dulu dari bulanan tersebut ke harian, jumlahnya sama kok, nanti ke depannya baru kenaikannya dihitung per jam karena sistemnya kini per jam, bukan bulanan

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

“Di situlah saya menyewa Anda detektif, dan terbukti Anda tidak becus, uang sebesar 50 juta menghilang begitu saja, memang jumlahnya kecil, tidak semuanya hilang, tetapi sangat menjengkelkan,” Teriak Istiana.

15


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

“Beri saya satu kali kesempatan lagi Nona Istiana, bila gagal juga, maka nona tidak perlu membayar sepeser pun kepada saya,” Rangga berusaha menyakinkan Istiana untuk diberi kesempatan lagi.

“Entahlah Mala, kau kan sebenarnya juga ilmuwan dengan penemuan gedung mengambangmu yang menggunakan teknologi super konduktor dan magnet yang luar biasa itu.

“Baiklah, bila tidak berhasil juga, segera hengkang dari sini!,” Teriak Istiana dengan ketus.

“Iya tetapi yang aku pikirkan karena teknologi itu memungkinkan untuk diterapkan di masa kini, aku tidak tahu bila ada orang yang luar biasa hebat dapat menemukan teleport dan pengecil ukuran sekaligus…”

“Setuju,” Jawab Rangga mantap, kemudian dia segera ke ruang pengawas.

*

Mite dan Kopo memandangi Rangga dengan wajah kasihan. “Sudah kukatakan, ada yang tidak beres dengan bos kita, sepertinya dia membual tentang hilangnya uang tersebut…” kata Mite. “Tidak Pak Mite, saya sudah melihat saat uang sebelum dimasukkan ke brankas dan saat disetorkan untuk dibawa ke bank, memang hilang sebesar 50 juta di brankas,” jelas Rangga. “Apakah benar ada tuyul di kantor ini?” tanya Kopo. “Sepertinya ada, kau lihat, uang selalu menghilang di brankas bukan? Tak tanggung-tanggung, puluhan juta,” timpal Mite. “Entahlah… mungkin cara pengawasanku yang salah,” gumam Rangga. “Hei… kau menyalahkan kami?” bentak Mite mendadak marah. “Oh…bukan Pak, maksud saya, pengawasan dan cara saya yang salah, bukan Bapak-bapak, maaf saya mencari udara segar dulu…,” Rangga ke luar dari area pengawasan tersebut karena merasa tidak enak. * “Kau pikir ada teknologi teleport dan pengecil ukuran di masa kini?” tanya Mala.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

“Yang luar biasa, dia hanya memanfaatkan untuk mengambil uang kecil diperusahaan, bukannya di bank?” Mala berargumen. “Cara berpikirmu sama seperti Prof. Habibie, tetapi aku hanya seorang sarjana hukum, tidak mengerti sains, makanya aku datang ke Prof. Habibie dan kamu yang mengerti…” Jelas Rangga. “Aku tidak tahu Rangga, penjelasan yang mungkin adalah ada seorang mutan, atau seseorang super dengan kemampuan teleport atau apa…,” gumam Mala tidak begitu yakin. “Begini saja, kenapa tidak kau awasi dari luar saja terlebih dahulu, jangan menggunakan ruangan pengawas walaupun di sana banyak kamera yang terhubung dengan monitor,” Jelas Mala. Rangga tersenyum dengan ide tersebut, matanya berbinar.

* Suatu malam di kantor Istiana. Beberapa penjaga malam bergerak berkeliling di luar gedung, beberapa memeriksa ruanganruangan, dan dua orang shift malam berjaga di ruang pengawas mengawasi laya monitor yang terhubung dengan 60 kamera pengawas, mata keduanya fokus pada ruangan brankas. “Keliling sesi ketiga telah selesai, sebentar lagi gantian ya,” kata dua orang sekuriti perusahaan kepada dua orang temannya lagi untuk gantian berkeliling sebagai

16


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

tugas rutin menjaga keamanan area luar gedung perusahaan. “Baik, tiga menit lagi, ngabisin kopi dulu,” satu sekuriti menjawab sembari meneguk segelas kopi.

tidak bisa merekamnya, dan aku tidak tahu bagaimana cara menangkapnya?” jelas Rangga. “Tetapi yang jelas pelakunya bukanlah tuyul,” Rangga menambahkan.

Satu penjaga lainnya yang siap berkeliling mengambil topi dan senter, kemudian memasukkan pentungan ke area pinggangnya.

“Kalau bukan mahluk mistis, lalu mahluk apa dia?” Tanya Istiana yang paling tidak sudah mulai mendapatkan jawaban dari permasalahannya.

“Yuk saatnya bertugas,” kepada sekuriti yang sedang minum kopi.

“Ada kemungkinan mutan, seorang manusia yang memiliki mutasi di tubuhnya dan memberi kekuatan seperti itu salah satunya…. Atau…,” Rangga terhenti, meragu.

“Siap,” jawabnya sembari meletakkan kopinya yang tinggal sedikit. Kemudian dia mengikuti temannya tadi yang telah berjalan terlebih dahulu. Kedua sekuriti yang telah berkeliling sebelumnya gantian menempati area yang sama, salah satunya mengambil pisang goreng, dan satunya mulai sibuk dengan hp-nya.

* Di sisi gedung yang dekat dengan brankas, seseorang berjalan santai mendekati pagar gedung. Mendadak tubuhnya menghilang, tetapi uniknya tidak hanya menghilang tubuhnya mampu melayang, serta mampu menembus dinding gedung dan memasuki ruangan demi ruangan tanpa terekam oleh kamera pengawas. Sesampainya di ruangan brankas, dengan mudahnya sosok tersebut men-teleportkan sejumlah uang dan ia keluar dengan menembus brankas, ke luar area tersebut.

* “Ini dia potensi besar pelakunya,” kata Rangga. “Dan kau hanya merekamnya saja?” Tanya Istiana.

“Atau apa?” desak Istiana. “Atau mahluk dari planet lain?” Jawab Rangga. “Jangan bercanda, mahluk dari planet lain memerlukan uangku? Kenapa tidak mengambil dari bank saja, dan kenapa mereka perlu uang?” Gerutu Istiana. “Eh… itu, aku tidak tahu,” Rangga nyengir kuda dengan pemikiran konyolnya. “Eh begini, bagaimana kalau saya memerlukan data siapa-siapa pegawaimu yang rumahnya berdekatan dengan gedung ini,” Rangga mengalihkan pembicaraan sebisanya sembari menggaruk kepalanya yang tidak gatal. “Ah kau mulai berpikir cara detektif, aku suka,” puji Istiana. “Eh… OK,” Rangga tidak menduga reaksinya seperti itu. “Akan saya berikan data-data pegawai yang rumahnya berdekatan dengan area sini,” kata Istiana. * “Ini data pegawai yang Anda perlukan Pak Rangga,” ujar seorang pria kepada Rangga.

“Aku hanya bisa melihatnya saat dia mulai menghilang, setelah itu, kamera hp-ku

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

17


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

“Terima kasih Pak Made dengan bantuannya,” kata Rangga kepada pria tersebut, “Sama-sama Pak Rangga, panggil saja saya Anom, terlalu banyak orang yang bernama Made di sini,” Made Anom tersenyum kepada Rangga. “Oh baiklah Pak Anom, makasih banyak,” Ujar Rangga jengah.

* Ada 5 orang pegawai yang rumahnya berdekatan, Rangga memilih rumah pegawai yang dari rumahnya dengan hanya berjalan kaki dapat menjangkau kantor. “Jadi pegawai yang dekat dengan kantor adalah Pak Agung, Pak Kopo, Bu Dea, Dita, dan Sularsih,” jelas Rangga. “Apakah sudah kau lihat wajah mereka? Di ruangannya masing-masing?” tanya Istiana. “Untuk Pak Kopo, saya lewati, saya yakin dia bukan potensi, tetapi saya belum kenal dengan keempat sisanya,” Jelas Rangga. “Ada baiknya Anda segera berkenalan dengan mereka,” Istiana menyarankan. * “Hai Pak Agung ya?” sapa Rangga kepada seseorang.

“Agung, mau makan siang bareng di kantin?” tanya Agung. “Wuah kebetulan Pak, saya juga mau ke sana,” Jawab Rangga. Keduanya berjalan ke arah kantin perusahaan. “Nona Istiana luar biasa, seorang entrepreneur sejati, pegawai membeli makanan di kantin yang pemiliknya dia juga, uang pegawai berputar kepada dia lagi, luar biasa,” Puji Agung entah tulus entah tidak. “Mengapa tidak makan di luar saja Pak?” Tanyaku. “Aaah… itu dia, makanan di luar tidak seenak di kantin ini, dan yang lebih OK, kantin ini lebih murah dibandingkan yang ada di luar sana, itulah mengapa banyak pegawai yang tetap memilih untuk makan di kantin ini,” jelas Agung yang sepertinya tulus. “Cuma Bos Istiana belum mengikuti aturan Presiden Selo tentang konversi pembayaran gaji yang dulunya dihitung bulanan, kini dihitung per jam, hal tersebut memberi beberapa konflik di dalam perusahaan,” Jelas Agung. “Menurut Bapak bagaimana dengan keputusan Bu Istiana yang belum mengikuti aturan pemerintah tersebut?” Tanya Rangga.

“Iya Pak, saya juga bekerja di perusahaan Nona Istiana, satu kantor dengan Pak Agung,” Jawab Rangga.

“Ah itu biarkan keputusan beliau, kan juga waktunya konversinya masih tersisa 1.5 tahun lagi, sebab kalau dia tidak melaukannya, implikasinya jelas, izin perusahaan dicabut, saya yakin sebagai seorang entrepreneur itu memalukan,” jelas Agung.

“Ah… pantas saja, wajahnya pernah saya lihat…” Agung melihat ke Rangga sembari tersenyum.

“Jadi Pak Agung merasa OK dengan keputusan tersebut?” Rangga menekankan.

“Rangga, nama saya Rangga Pak…” Rangga memperkenalkan dirinya kepada Agung.

“Tentu saja, dia masih memiliki waktu untuk itu, dan itu tidak melanggar hukum,” Agung menambahkan.

“Ah saya sepertinya pernah melihat Anda?” kata orang yang disapa Agung oleh Rangga.

Bersambung enlightening open mind generations

www.an1mage.org

18


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

TUTORIAL

YUK MENGGAMBAR: Anatomi Manusia 10 M.S. Gumelar

Dalam edisi kali ini penulis membahas ukuran pinggang, pundak, bahu, dan area lainnya dalam ukuran satu kepala.

Hitungan ini penulis berikan hanya untuk anatomi pria dan wanita yang memiliki ukuran tubuh standar, yaitu yang ukuran tubuhnya tidak terlalu langsing dan tidak terlalu gemuk. Pembaca akan menemukan ukuran yang yang lebih bervariasi pada tubuh manusia yang gemuk dan atau yang langsing.

Namun perlu penulis tekankan bahwa hitungan ini relatif, sebab tidak semua orang memiliki tepat hitungan seperti itu. Tetapi hitungan tersebut baik untuk memudahkan belajar anatomi manusia.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

Namun hitungan tersebut dapat digunakan untuk membantu An1mareaders dalam mengembangkan variasi karakter tersebut menjadi langsing atau gemuk sesuai keperluan dari hitungan standar yang penulis share ini.

19


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

An1mareader perhatikan bagian pundak ternyata setara dengan ukuran satu kepala yang tegak baik untuk perempuan dan pria. Sedangkan untuk bagian pinggang, ukurannya juga setara dengan satu kepala yang melintang untuk pria dan wanita. Untuk area tubuh lainnya yang setara dengan ukuran kepala juga sudah penulis berikan pada edisi-edisi sebelumnya, silakan download An1magine edisi sebelumnya di: store.an1mage.net

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

20


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Kini penulis melanjutkan elemen dan prinsip menggambar di bahasan di edisi sebelumnya. Di mana penulis telah selesai membahas elemen-elemen gambar di Animagine edisi sebelumnya yaitu: 1. 2. 3. 4. 5.

Penggambar Ide Alat Media Bahan 5.1. Area dan Ruang (space) 5.2. Waktu (time) 5.3. Titik & Bintik (point & dot) 5.4. Garis, Goresan dan Arsiran 5.5. Dimensi 5.5.1. Dua Dimensi (shapes) 5.5.1.1. Bentuk datar terbuka (open shape) 5.5.1.2. Bentuk datar tertutup (closed shape) 5.5.2. Tiga Dimensi (form). 5.6. Teks (text) 5.7. Objek & Subjek Gambar 5.7.1. Mahluk cerdas (smart life form) 5.7.2. Satwa (Animals) 5.7.3. Serangga (Insects) 5.7.4. Tumbuhan (plant) 5.7.5. Mikroba (Bakteri dan Virus) 5.7.6. Atom dan semua hal yang lebih kecil dari Atom 5.7.7. Arsitektur, Eksterior & Interior 5.7.8. Mesin & Transportasi 5.7.9. Alat-alat & Peralatan (Tools & Gadget) 5.7.10. Lingkungan & alam (environment & nature) 5.7.10.1 Space 5.7.10.2 Time 5.7.10.3 Planets 5.7.10.4 Suns & Stars 5.7.10.5 Solar Systems 5.7.10.6 Galaxy 5.7.10.7 Frequencies 5.8. Pencahayaan dan Bayangan 5.9. Warna (colour) 5.10. Tekstur (texture)

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

Penulis telah membahas prinsip menggambar di edisi sebelumnya meliputi: 1. Tujuan dan Pesan (goal and message) 2. Gaya Gambar (drawing style) 2.1. Realis 2.2. Kartun 2.3. Fine Art 2.4. Hibrida 3. Gaya Desain (design style) 3.1. Simplicity & Extraction (Sederhana & Ekstraksi) 3.2. Complexity & High Density (kompleks & padat) 3.3. Ethnic & Old Style (Gaya Seni Kesukuan & Masa Lalu) 3.4. Futuristic (Gaya Relatif Masa Depan) 3.5. Fine Art (Gaya Cenderung Fine Art) 3.6. Age classification (Klasifikasi berdasarkan Usia) 3.6.1.Kiddy Style (Gaya Kekanakan) 3.6.2.Teeny Style (Gaya Remaja) 3.6.3.Adult Style (Gaya Dewasa) 4. Ritme (Rhythm) 5. Konsistensi (Consistency) 6. Perspektif (Perspective) 6.1 Distance 6.1.1 Extreme Close up Distance 6.1.2. Close up 6.1.3 Medium Distance 6.1.4 Longshot & Extreme Longshot 6.2 Angle (sudut) 6.2.1 Eye Level Angle 6.2.2 Low Angle (Tampak Bawah) 6.2.3 High Angle (Tampak Atas) 6.2.4 Camera Motion and Path 6.2.5 Fish Eye View 6.2.6 Projection & View port 7. Emphasis 7.1 Image, text or both? 7.2 Opposition 7.2.1 Contrast 7.2.2. Powerful & Powerless 7.2.3 Size, Scale & Proportion 7.2.4 Isolation & Position 7.2.5 Depth of Field 7.2.6 Age & Era 7.27 Exaggeration 7.2.8 Comparison

21


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

7.2.9 Sex & Gender 7.2.10 Analogy 7.2.11 Replacement (Penggantian) 7.2.12 Direction 7.2.13 Space 7.2.14 Great Pose, Great Action & Great Scene 7.2.15 Visual Effect 7.2.16 Unique & Uniqueness 7.2.16.1 Unique appearance 7.2.16.2 Unique Personality & Expression

Balance atau cenderung simetri adalah hal yang sama. http://bit.ly/ee12Mj

8. Composition (Komposisi) Berbicara tentang Komposisi atau konfigurasi, maka ada banyak pecahannya. Ada beberapa orang yang seringkali keliru dalam menerapkan subbagian dari composition ini menjadi Art & Design principles yang utama, tetapi dengan guidance berikut, pembaca tidak akan keliru lagi, penulis bahas satu persatu yaitu: Penerapan balance atau simetri pada suatu iklan. Sumber: http://bit.ly/fiIyzz

8.1 Balance Keseimbangan diperlukan agar komposisi desain menjadi menyenangkan untuk dilihat. Balance boleh disebut dengan nama symetri.

Dan keseimbangan tidak selalu terdiri dari 2 hal yang berlawanan sama kuat, tetapi boleh juga lebih dari dua.

Keseimbangan karena cenderung genap.

Keseimbangan juga tidak selalu terdiri dari shape atau form yang sama.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

22


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Satu halaman comic dengan memanfaatkan simetri .

Iklan dengan memanfaatkan kekuatan Simetri atau balance. Sumber: http://bit.ly/i1JL

Balance pada desain pesawat. Sumber: http://1.usa.gov/NVjGid

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

Prinsip keseimbangan dan symmetrical pada desain banyak diterapkan pada desain kapal laut dan kapal terbang.

Salah satu desain pesawat modern yang juga menggunakan prinsip balance. Sumber: http://bit.ly/PxD9TI

23


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Kapal laut besar untuk pesiar juga menggunakan prinsip balance. Sumber: http://bit.ly/M5dENv

Simetri pada kanan dan kiri suatu karakter atau diterapkan pada bibir sangat berguna dalam membuat model di software 3D, dengan memanfaatkan fungsi mirror akan lebih mudah untuk menerapkan simetri.

Centered juga merupakan bentuk keseimbangan dan kesejajaran (alignment). Demikian juga justified. Centered titik tumpu sejajar di titik tengahnya, di mana objek cenderung posisinya sama dalam satu garis khayal lurus di titik tengahnya. Hal ini sangat berguna sekali untuk lettering atau mengatur teks. Desain salah satu kapal laut modern, tetap menggunakan prinsip keseimbangan dan simetri. Sumber: http://bit.ly/MsuReu

Beberapa citra yang menggunakan prinsip balance di tengah. Sumber: http://bit.ly/fro9Dk

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

24


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Justified yang juga berguna untuk lettering atau mengatur teks. Sejajar rata kiri, tengah dan kanan. Sejajar di kanan dan kiri, tidak harus tetap sejajar, kurang lebih juga OK dan diatur tengahnya agar jaraknya tetap menyenangkan untuk dilihat.

Balance pada manusia, mahluk hidup dan mahluk cerdas lainnya serta benda biasanya tertumpu pada titik tertentu. 8.2 Unbalance Tidak seimbang, disebut juga dengan istilah asimetri. dengan nama asymetri. Namun sekali lagi untuk mengingatkan bahwa sebenarnya asimetri juga dapat seimbang.

Salah satu iklan yang cenderung justified kiri, tengah dan kanan. Sumber: http://bit.ly/epMvwH

Pemahaman balance, kesimbangan tidak selalu simetri. Namun balance dan simetri cenderung pada saat tertentu adalah hal yang sama.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

Iklan yang menggunakan prinsip asimetri atau unbalance. Sumber: http://bit.ly/gb3vHg

Asimetri diperlukan sebagai penekanan (emphasis) pada sesuatu, asimetri juga bukan sesuatu yang

25


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

buruk dan bukan sesuatu yang harus dihindari.

Asimetri yang cenderung rata kiri. Sumber: http://bit.ly/feKHny

Asimetri digunakan sebagai penekanan gerak otot paha di suatu ilustrasi. Sumber: http://bit.ly/g2REyQ

Flush Left Sejajar semuanya ke kiri, dimana objek cenderung posisinya sama dalam satu garis khayal lurus di sebelah kirinya. Hal ini juga sangat berguna sekali untuk lettering.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

Flush Right Sejajar semuanya ke kanan, dimana objek cenderung posisinya sama dalam satu garis khayal lurus di sebelah kanannya. Hal ini sangat berguna sekali untuk lettering.

26


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

MEDIA PARTNER

INSTITUSI Asimetri yang cenderung rata kanan. Sumber: http://bit.ly/eoIooH

Asimetri pada rambut satu karakter perempuan.

Penulis sharing word of wisdom yang siapa tahu dapat memberikan pencerahan bagi An1mareaders “Ada banyak orang cerdas dan mampu membuat kritikan, tetapi orang yang sukses adalah mereka yang mampu menghasilkan karya secara nyata”. Demikianlah bahasan penulis pada elemen dan prinsip menggambar edisi kali ini, untuk edisi berikutnya, penulis akan melanjutkan dengan anatomi wajah balita dengan prinsip menggambar lainnya. https://www.facebook.com/michael.sega.gumelar/

Referensi www.google.com dan berbagai sumber Gumelar, M.S., 2011. Comic making. Gumelar, M.S., 2015. Elemen dan Prinsip Menggambar. Gumelar, M.S., 2011. 2D Animation: Hybrid Technique. An1magine 2016-2017 Gumelar, M.S., 2015. Elemen dan Prinsip Animasi 2D

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

Kamu anggota komunitas sekolah atau universitas? Kamu kebingungan mendapatkan media partner untuk memublikasikan semua acaramu? An1mage membuka peluang sebagai media partner kirimkan email ke: an1mage@an1mage.org dengan subjek “media partner”. An1mage akan memublikasikan acara OSIS sekolah kamu, BEM universitasmu, dan atau himpunan mahasiswamu dengan gratis sebagai salah satu kepedulian sosial an1mage terhadap kegiatan positif remaja.

www.an1mage.org 27


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

TOKOH

HENDRA GUNAWAN Guntur Tri Wibawa

Lahir di Bandung, 11 Juni 1918, Hendra sudah gemar menggambar sejak kecil. Mulai dari buah, bunga, wayang hingga bintang film. Semasa mudanya, Hendra pernah belajar melukis pada Wahdi Sumanta (19171996) dan Affandi (1907-1990).. Keahliannya mematung didapatkannya secara otodidak. Patung terkenal buatannya contohnya Patung Tugu Muda di Semarang dan Patung Erlangga di Surabaya juga patung Jenderal Sudirman di halaman gedung DPRD Yogyakarta. 1946 menjadi tahun bersejarah baginya karena pada tahun tersebut Hendra menyelenggarakan pameran tunggal pertamanya dan menampilkan karya lukisan revolusinya di Gedung Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) di Yogyakarta. Pameran keduanya diselenggarakan tahun 1957 Hotel Des Indes Jakarta. Beberapa judul karyanya, Penganten

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

Pasar Cibodas, Pertempuran di Klenteng, Jenderal Sudirman. Hendra di kenal suka menuangkan idenya dalam ukuran besar, seperti lukisan Pangeran Cornel dan Arjuna menyusui anaknya. Hendra pernah dipenjara selama 13 tahun karena terlibatannya dalam Lekra, yakni 1965 hingga 1978. Lukisan-lukisan awalnya mengangkat tema perjuangan dan bergaya realism, setelah itu dia banyak melukis kehidupan masyarakat pedesaan beraliran ekspresionism. Hendra meninggal di RSU Sanglah, Denpasar, Bali, 17 Juli 1983, dimakamkan di Purwakarta. 13 Agustus 2015, Presiden Joko Widodo atas nama negara memberikan Tanda Kehormatan Bintang Budaya Parama Dharma kepada dedikasi Hendra Gunawan.

28


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Mentjari Kutu Rambut Pelaku Sen : Hendra Gunawan Medium : Canvas , Oil paint Tahun Pembuatan : 1953 Dimensi Karya : cm x 65 cm x 84 cm

Pasar Jajan / Buying Snacks Pelaku Seni : Hendra Gunawan Medium : Oil paint , Canvas Tahun Pembuatan : 1950 Dimensi Karya : 108.5 cm x 92 cm

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

29


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Potret Seorang Prajurit Medium :Canvas , Oil paint Tahun Pembuatan : 1950 Dimensi Karya : 58 cm x 85 cm

Pengantin Revolusi Medium : Canvas , Oil paint Tahun Pembuatan : 1955

enlightening open mind generations

Cecak / Lizard Medium : Canvas , Oil paint Tahun Pembuatan : 1950 Dimensi Karya : 58 cm x 162 cm

www.an1mage.org

30


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Mencari Kutu Medium : Oil paint , Canvas Tahun Pembuatan : 1953 Dimensi Karya : cm x 95 cm x 160 cm Gadis Cilik Makan Pisang / Little Girl Eating a Banana Medium : Canvas , Oil paint Tahun Pembuatan : 1956 Dimensi Karya : 72 cm x 119 cm

Pasar / Marketplace Medium : Canvas , Oil paint Tahun Pembuatan : 1957 Dimensi Karya : 135 cm x 137 cm

enlightening open mind generations

Perjuangan di Cibarusah Medium :Canvas , Oil paint Tahun Pembuatan : 1960 Dimensi Karya : 220 cm x 120 cm

www.an1mage.org

31


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Perang Revolusi / Revolution War Medium : Canvas , Oil paint Tahun Pembuatan : 1960 Dimensi Karya : cm x 120 cm x 80 cm

Pulang Mancing / Return from Fishing Medium : Canvas , Oil paint Tahun Pembuatan : 1960 Dimensi Karya : cm x 109 cm x 155.5 cm

Pohon Beringin / Banyan Tree Medium : Canvas , Oil paint Tahun Pembuatan : 1964 Dimensi Karya : cm x 95 cm x 63.5 cm

Pasar / In The Marketplace Medium : Canvas , Oil paint Tahun Pembuatan : 1960 Dimensi Karya : cm x 133 cm x 160 cm

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

Perjuangan / The Struggle Medium : Canvas , Oil paint Tahun Pembuatan : 1967 Dimensi Karya : cm x 136.5 cm x 91.5 cm

32


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Saya Melukis / Me Painting Medium : Canvas , Oil paint Tahun Pembuatan : 1967

Potret Diri / Self-portrait Medium : Oil paint , Canvas Tahun Pembuatan : 1947 Dimensi Karya : 31 cm x 43 cm

Sang Gerilya Medium : Panel , Oil paint Tahun Pembuatan : 1947-1980 Dimensi Karya : 102 cm x 78 cm

Wanita di Air Mancur Medium : Canvas , Oil paint Tahun Pembuatan : 1947-1980

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

33


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Penjual Ikan Medium : Oil paint , Canvas Tahun Pembuatan : 1980 Dimensi Karya : 14 cm x 95 cm

Kerokan Medium : Oil paint , Canvas Tahun Pembuatan : 1947-1980

Cari Ikan / Looking for Fish Medium : Canvas , Oil paint Tahun Pembuatan : 1976 Dimensi Karya : cm x 145.5 cm x 86 cm

Topeng Cirebon / Cirebon Mask Medium : Canvas , Oil paint Tahun Pembuatan : 1980 Dimensi Karya : 140.5 cm x 230 cm

Lukisan Hendra Gunawan dapat ditemukan di http://archive.ivaa-online.org

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

34


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

CERBUNG

PRAMBANAN: Akhir Zaman M.S. Gumelar

“Atau apa? Sebaiknya aku pergi saja

“Seperti yang kukatakan, bila ada

dari rombongan ini, aku akan mencari

kesempatan, aku akan ikut,” ucap Wanara

Bondowoso,” ucap Garudeva lalu

kalem.

segera terbang. “Baiklah, ayo ikut aku, kau naik salah satu “Apa yang kau pikirkan?” tanya Pikatan.

prajurit metal dan aku satunya, kita harus segera sampai di alun-alun istana Baka,”

BUUUUUGH!

perintah Bandung.

Bandung memukul perut Pikatan. Pikatan

*

yang tidak menduga terduduk memegang perutnya yang kesakitan.

“Hup,” Seseorang melompat ke atas tepat di tengah arena. Pria ini bertopeng dan

“Lain kali kalau kita ketemu, aku akan

berpakaian sederhana, namun dari kain

membunuhmu!” ucap Bandung.

yang digunakannya, terlihat bukanlah dari kalangan menengah ke bawah, kainnya

“Bagaimana denganmu?” Bandung

terlihat mewah.

melihat ke Wanara. “Aku Banyu Biru menantangmu,” tubuhnya lalu bersiaga dan mengarah ke Vharok.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

35


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

“Hm‌,â€? Vharok mendengus dan mulai

Belum selesai penonton berhenti

berdiri dengan malas-malasan, lalu

berkomentar. Mendadak seseorang

bergerak dengan sangat santai dan

muncul, rambutnya panjang, gimbal dan

meremehkan orang tersebut yang telah

seperti tidak mandi berhari-hari.

siaga dengan serius. Orang tersebut berjalan santai memasuki Setelah berhadapan. Seseorang masuk

arena pertandingan. Orang tersebut tanpa

dan menunjukkan satu sisi koin kepada

menunggu undian untuk memulai siapa

Vharok bahwa itu adalah sisi koin

yang terlebih dulu segera menyerang

miliknya, dan menunjukkan sisi koin

Vharok.

lainnya kepada penantang tersebut. Hal ini membuat orang yang mengundi Lalu koin dilemparkan, jatuh

tadi yang sudah melangkah masuk ke

menggelinding dan berhenti. Kemudian

arena menjadi mundur dan minggir lagi.

orang tersebut berkata, �Siapa yang keluar dari arena ini maka dia kalah. Banyu Biru

Orang rambut panjang gimbal tadi berhasil

silakan menyerang terlebih dulu!� lalu

mengenai Vharok. Tetapi Vharok dengan

orang tersebut minggir dari arena.

santai seperti tidak merasakan apa-apa.

Segera Banyu Biru melancarkan serangan

Dengan cepat orang tersebut memukul

dengan cepat. Tetapi herannya tidak satu

lebih keras dan cepat. Vharok diam saja,

pun serangannya yang berhasil mengenai

dengan segera orang tersebut mengganti

Vharok.

menyerang dengan kaki. Ditendangnya Vharok berkali-kali sampai kakinya

Seolah Vharok mampu bergerak lebih

kesakitan sendiri.

cepat. Kemudian dalam satu kesempatan Vharok langsung melayangkan pukulan

HA HA HA HA HA

telaknya ke arah dada lawannya. Para penonton tertawa terbahak-bahak BLEEEGH!

melihat hal tersebut.

Pukulan itu sangat telak. Orang tersebut

Lalu orang tersebut lari mundur dan

terpental keluar arena pertandingan dan

melompat dengan menendangkan kakinya

menghantam tembok istana dan jatuh tak

ke arah wajah Vharok.

sadarkan diri. Dengan santai Vharok segera memegang UOOOOH!

kaki orang tersebut yang hampir mengenai wajahnya, lalu memutar-mutarkan orang

Penonton berteriak kecewa.

tersebut dengan memegang kakinya dan melemparkan ke luar arena.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

36


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

BRUUUGH SREEEEEKH

membelok dan perlahan-lahan terjatuh. Ternyata sisi Vharok yang muncul.

Orang tersebut mengenai tanah lapang dan pingsan.

“Silakan Gusti Vharok menyerang terlebih dahulu,” ujar wasit tersebut lalu mundur ke

“Baiklah ada yang mau menantangku

area yang aman.

lagi?” tanya Vharok. Vharok tampak tidak begitu serius karena “Sepertinya acara utama kita akan segera

merasa yakin pasti menang. Lalu berjalan

dimulai ha ha ha,” ujar Vharok percaya diri

mendekati Gupala pas di depannya sekitar

lalu melihat ke Gupala.

lima puluh senti.

Semua terdiam, dan melihat ke arah Raja

Mendadak Vharok melayangkan pukulan

mereka Gupala yang tampak tenang, di

ke arah rahang Gupala. Pukulan yang luar

sampingnya Loro Jonggrang tampak

biasa cepat bahkan mata orang awam

gelisah.

tidak bakalan dapat melihatnya.

Dengan tenang Gupala berdiri. Loro

Akan tetapi, Vharok kaget, ternyata

Jonggrang memegang tangan Gupala.

pukulannya tidak mengenai Gupala. Kali

Gupala menoleh ke Loro Jonggrang, dan

ini dengan cepat dilayangkannya pukulan

dengan perlahan melepaskan pegangan

kedua, ketiga, keempat, tendangan,

Loro sembari mengangguk sebagai tanda

pukulan dan satu set jurus telah berakhir.

kuatkan dirimu. Tak satu pun pukulan dan tendangannya Gupala lalu berjalan ke arah arena

mengenai Gupala. Dia bengong dan

pertandingan dengan sangat tenang.

segera tersadar. Rakyat tertawa terbahakbahak melihat hal tersebut.

Gupala telah berdiri di depan Vharok. Lalu wasit pertandingan tadi segera berjalan ke

HA HA HA HA HA HA HA

tengah mereka. Menunjukkan salah satu sisi koin kepada Vharok sebagai miliknya

Suara rakyat terdengar gembira dengan

dan satu sisi kepada Gupala sebagai

tawanya.

miliknya. “Siapa kau?” tanya Vharok. “Peraturannya jelas, siapa yang keluar dari arena ini berarti kalah!” lalu

Tanpa menjawab mendadak tubuh Vharok

dilemparkannya koin tersebut.

terdorong dengan keras oleh hentakan tekanan telapak tangan Gupala yang

Dan koin jatuh ke lantai arena dan

mengenai dadanya tanpa terlihat olehnya

menggelinding dengan cepat lalu

karena terlalu cepat gerakannya.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

37


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

BUUUUUGH!

Rakyat bertepuk tangan dan bergembira ada yang menari dan suara tetabuhan

“HEKSH!” Vharok tersekat suaranya.

terdengar ditabuh dengan semangat.

BRUAAAAAAGH!

Sementara itu, di kejauhan terlihat beberapa prajurit bagian medis

Tubuh Vharok terlempar keluar arena dan

menggotong tubuh Vharok yang pingsan

menabrak dinding istana yang terbuat dari

dan dibawa ke dalam istana.

tumpukan batu yang tersusun rapi dengan keras.

Setelah rakyat mulai mereda. Gupala segera berbalik dan berjalan ke arah

BRUGH!

tempat duduknya lagi.

Lalu Vharok terjatuh ke tanah dan tidak

“Tunggu! Aku menantangmu!” teriak

sadarkan diri.

seseorang.

YEEEEEEEEEEEEE!

Gupala menoleh ke arah suara tersebut dan telah berdiri Bandung dengan ketiga

Sorak sorai rakyat riuh rendah dan ada

prajurit metalnya.

yang berlompatan saking gembiranya melihat Raja Gupala yang mereka sayangi

“Menantangku? Lalu mengapa ada empat

ternyata adalah raja yang sakti dan

yang di depanku?” tanya Gupala.

bijaksana. Bandung terdiam. Lalu tangannya Gupala melakukan Om Swastiastu kepada

bergerak dan menunjuk ke arah Gupala.

rakyatnya yang ada di alun-alun istana.

Mendadak ketiga prajurit metal tersebut

Rakyatnya mendadak hening dan

menyerang berbarengan.

membalas Raja mereka dengan melakukan hal yang sama.

BRUAAAAAAAKH!

Wasit yang bengong mendadak segera

KRAAAAAAAAAAKH!”

tersadar, ”Tetap mempertahankan singgasananya raja kita yang bijaksana

BLEEEGAAKH!”

Gupalaaaaaaaa!” Ketiga prajruit metal berkelojotan di lantai PLOKH!

arena dengan salah satu kepala putus.

PLOKH!

Satunya badannya hancur tepat di dada,

PLOKH!

satunya terbelah dua.

PLOKH! SUIT SUIIIIIT!

enlightening open mind generations

HAAAAAAAAAAAA!

www.an1mage.org

38


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

`YEEEEEEEEEEEEEEE!

“Terus yang ini siapa?” tunjuknya dan ternyata sudah berubah menjadi pria

Suara kaget muncul dan diganti dengan

muda yang tampan.

sorakan dan kegembiraan. Sementara Bandung bengong saja, lalu kemudian

“Loh ke mana dia?” Loro Jonggrang

turun dengan perlahan.

bingung.

“Kenapa bisa seperti ini?” tanya Wanara

Pemuda tampan itu mendekati Roro

saat Bandung turun dari arena tersebut.

Jonggrang dan Roro Berkata, ”Ini Bondowoso kekasihku,” jawab Roro

“Entahlah, beberapa rencanaku sepertinya

Jonggrang.

berantakan, entah kenapa?” Bandung jalan tertunduk dan keluar dari area

“Eh bukankah kekasihmu yang wajahnya

kerumunan orang-orang yang bergembira

kayak ikan atau kodok itu?” Loro tidak

karena Gupala tetap menjadi raja dan

yakin.

terbukti sangat sakti mandraguna. “Iya, dia hanya berpura-pura saja jadi Setelah di dalam istana,”Apakah Vharok

kodok, biar kau tidak merebutnya dari

sudah siuman?” tanya Gupala.

aku!” canda Roro.

“Sudah baginda raja,” ucap Aryakreyan.

“Ah mana mungkin aku merebut kekasihmu ha ha ha aku setuju deh kalo

“Bagus, bawa ke sini,” kata Gupala.

kamu sama yang ini, kalo dengan yang sebelumnya nanti anakmu kayak kodok ha

Kemudian Loro Jonggrang memeluk

ha ha,” ucap Loro Jonggrang membahas

Gupala. Tetapi ditepiskan oleh Roro

selorohan Roro.

Jonggrang. “Ayah!” Loro dan Roro memeluk Gupala Loro Jonggrang berusaha memeluk

saat Gupala sudah dekat.

Gupala lagi, lagi-lagi Roro Jonggrang menggagalkannya.

“Hamba Vharok mohon maaf gusti prabu,” saat Vharok dibawa menghadap ke depan

“Kenapa sih Roro!” kata Loro Jonggrang

Gupala.

dengan kesal. “Yang sudah lewat biarkan saja, tetapi aku “Itu loh ayah kita, bukan dia,” ucap Roro

juga tidak bisa membuatmu menjadi patih

Jonggrang menunjuk Gupala yang muncul

lagi, ku tahu kau keturunan raksasa

dari ruangan lain dan masuk ke area

sekarang, oleh karena itulah, anggap saja

tersebut.

pengampunanku adalah tanda persahabatan antara bangsamu para

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

39


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

raksasa dengan bangsaku para manusia,”

Pesta besar-besaran selama tujuh hari

ucap Gupala.

tujuh malam dilangsungkan di istana Baka. Bondowoso dan Roro Jonggrang

“Tetapi setelah kulihat bahwa kau adalah

menikah.

campuran antara raksasa dan manusia, kau juga kuangkat menjadi duta besar di

Hadir di sana Raja Pengging dan

negeri raksasa, mohon maaf pula

permaisurinya, Aryakreyan, Bandung,

sebesar-besarnya bila leluhurku pernah

Bhorghat, Bulkhu, Garudeva, Jaran Sewu,

berbuat salah kepadamu Vharok,” sabda

Pikatan, Zhartan, Vhendaar, Vharok,

Gupala.

Wanara lalu ayah dan ibunya Bondowoso, Mega Intary dan Gabriel Ishanty juga

“Terima kasih gusti prabu, akan hamba

terlihat di samping kanan pelaminan.

terima tugas baru sebagai duta ini, dan akan segera hamba laksanakan, terima

Sementara Gupala beserta permaisuri

kasih dengan kebijaksanaan gusti prabu,”

berada di sisi kiri pelaminan mendampingi

jawab Vharok dengan rendah hati.

pengantin. Rakyat tampak bersuka cita.

“Baiklah, ke mari Bondowoso dan Roro

Tampak Loro Jonggrang mencuri-curi

anakku,” ucap Gupala.

pandang pada Pikatan. Pikatan tersenyum kepada Loro Jonggrang. Lalu mereka

Lalu Bondowoso dan Roro Jonggrang

berpegangan tangan. Keduanya

maju ke depan Gupala dengan beringsut

tersenyum bahagia.

ala kebiasaan istana. “Sepertinya ini adalah saatnya kita “Bondowoso, aku berterima kasih

berpisah, sering-sering datang ya,” kata

kepadamu, tanpa bantuanmu semua hal

Gupala.

ini tidak akan terjadi, dan kutitipkan Roro Jonggrang kepadamu, aku tahu kau

“Jangan khawatir gusti prabu, akan kami

manusia akhir zaman, jadi kuingin

lakukan, kami amit mundur,” Bondowoso

pernikahan kalian diadakan di sini, setelah

menghibur ayah Roro.

itu silakan kau boyong putriku ke negerimu,” ucap Gupala.

Roro memeluk Gupala sebagai tanda berpamitan. Lalu Roro memeluk Loro

Bondowoso dan Roro Jonggrang

Jonggrang.

berpandangan mata kemudian kedua tangannya saling berpegangan. Semua

Setelah itu, Roro bergabung dengan

yang ada di ruangan tersebut bersorak

Bondowoso yang berada di satu titik area

dan bergembira.

berkumpul dengan ayah dan ibunya.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

40


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Bondowoso, Roro, ayah dan Ibu

untuk rakyatku kuberikan jaminan

Bondowoso, Mega Intary, dan Gabriel

keamanan, kesehatan, kesejahteraan, dan

Ishanty melambaikan tangan dan

pendidikan kalian semua.” Rakai Pikatan

mendadak sejenis gelembung air muncul

bersabda dengan penuh semangat.

secara samar dan menguat. Rakyat bertepuk tangan dengan sangat PYAAAAAAAAAASH!

gembira dan menyambut meriah.

Mereka menghilang ditelan air tersebut

“Akan aku pimpin kerajaan alam Baka

dan hentakan energi seperti gelombang

dengan kebijaksanaan dan juga aku ingin

riak yang lembut di area tersebut secara

semua orang akan mengingat kerajaan

perlahan mulai normal kembali.

kita, oleh karena itu aku akan membuat seribu candi di area Prambanan agar

“Mukso!” gumam Pikatan.

kelak anak cucu kita di akhir zaman akan tetap melihat dan mengenang kerajaan

Enam bulan kemudian.

Baka!” sabda rakai Pikatan.

“Baiklah, hari ini kunobatkan Pikatan

HOREEEEEEE

sebagai raja baru Baka, dengan gelar Gusti Prabu Rakai Pikatan,” sabda

HIDUP GUSTI PRABU RAKAI PIKATAN

Gupala. Gegap gempita rakyat menyambut raja baru mereka.

Sorak sorai menyambut visi dan misi raja baru mereka begitu menggema dan

“Selamat ya kangmas,” bisik Loro

membuat suasana menjadi sangat

Jonggrang.

gembira penuh dengan semangat.

“Terima kasih permaisuriku yang cantik,”

Beberapa hari kemudian di istana Baka.

ucap Pikatan.

“Aryakreyan dan Jaran Sewu, kalian tahu mengapa aku panggil ke sini?” tanya

“Baiklah, silakan Gusti Prabu Rakai

Rakai Pikatan.

Pikatan memberikan visi dan misinya untuk kerajaan Baka,” ucap Gupala.

“Mohon maaf gusti prabu, kami tidak tahu,” jawab Aryakreyan.

“Terima kasih gusti,” ucap Rakai Pikatan. “Baiklah, hari ini kuangkat kau Bekel “Pertama-tama, terima kasih untuk

Aryakreyan menjadi Patih Amungkubumi

kepercayaan Ayahanda Gupala. Dan juga

Kerajaan Baka! Dan kau Jaran Sewu

kepada teman-temanku yang lain yang

kuangkat kau menjadi Rakryan

telah membuat hal ini menjadi mungkin,

Tumenggung!” sabda Rakai Pikatan.

terima kasih untuk kalian semua. Dan

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

41


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

“Terima kasih gusti kami siap laksanakan!”

Bhorghat, Bulkhu, Vharok, Vhendaar,

jawab keduanya.

Zhartan dan raksasa lainnya melambaikan tangan dari pesawat mereka yang bulat

“Baiklah sepertinya persiapan telah

dan besar.

selesai, sudah saatnya kita berpamitan,” ucap Zhartan.

Pesawat tersebut mendesing berputar di sisi-sisinya. Kemudian perlahan pesawat

“Kalian yakin tidak akan melanjutkan

tersebut mengambang, mendadak petir

penelitian kalian di sini?” tanya Rakai

menyambar pesawat tersebut, memberi

Pikatan.

tenaga menjadi penuh,pesawat bersinar dengan cahaya, lalu pesawat tersebut

“Yakin gusti, sebab Vharok sudah mantap

melesat dengan kecepatan yang sangat

untuk ke planet asal eh… negeri kami, jadi

tinggi ke luar angkasa.

memang mulai sekarang tugas sebagai duta di negeri raksasa benar-benar akan

Setelah pesawat mereka sudah tidak

dilakukannya…”

tampak lagi. Garudeva berkata, ”Sepertinya aku juga sudah saatnya

“… sebab sekitar enam bulan yang lalu

kembali seperti biasanya, melanjutkan

banyak peralatan dan kapal kami juga

tugasku skrieeech.”

perlu diperbaiki, sehingga terhambat keberangkatannya, dan karena sepertinya

“Ah jangan kau juga,” rengek Loro

semuanya sudah selesai diperbaiki

Jonggrang.

sekarang, maka kini saatnya kami berangkat,” jawab Vhendaar.

“Ha ha ha nanti kalo diperlukan hamba dapat membantu lagi skreieeech,” jelas

“Ya, kami tidak perlu lagi berada di sini

Garudeva.

karena Vharok sebagai objek penelitian kami sudah tidak di sini juga, jadi yah

“Baiklah Garudeva terima kasih telah

inilah saatnya kami mengucapkan kata

membantu kami selama ini, jangan

mungkin…. sampai bertemu lagi gusti,

sungkan-sungkan untuk datang,” ujar

teman-teman!” tambah Zhartan.

Rakai Pikatan.

“Baiklah hati-hati di jalan ya!” ujar Loro

“Pasti gusti skrieeeech,” lalu Garudeva

Jonggrang lalu memeluk Rakai Pikatan

mengepakkan sayapnya dan terbang ke

yang tersenyum sembari melambaikan

langit.

tangannya kepada mereka. * Garudeva, Aryakreyan, Jaran Sewu, dan Eyang Rupit juga melambaikan tangan

“Berapa banyak candi yang telah selesai?”

kepada mereka.

tanya rakai Pikatan kepada Bandung.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

42


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

“Baru sekitar dua candi gusti selama enam

Para bawahannya bekerja dengan baik

bulan ini, pekerja perlu didatangkan dari

dan rajin.

Pengging lebih banyak lagi gusti, bolehkah?” tanya Bandung.

*

“Tidak masalah Bandung, saya yakin

Ratusan tahun kemudian. Negara baru

candi ini pasti jadi, dan bila perlu kau

terbentuk dengan nama Republik

buatkan cerita yang seru agar candi

Indonesia. “And that’s the folklore or myth

Prambanan ini menjadi terkenal, aku

about Bandung Bondowoso and Roro

serahkan kepadamu…”

Jonggrang,” ucap seorang pemandu wisata wanita di salah satu area candi

“… selain sebagai senopati Pengging

Prambanan di depan para turis dari dalam

dengan adanya proyek ini akan

dan luar negeri.

mempererat persahabatan Baka dan Pengging, selain itu kau pintar juga dalam

“Whoaaaw what wonderful story,” ujar

arsitektur dan membuat cerita, akan aku

salah satu turis asing.

bayar tiga kali lipat pekerjaanmu bila sudah selesai,” sabda Rakai Pikatan.

“Yeaaa and great temple too, amazing,” kata turis asing lainnya. Beberapa turis

“Wuaaaah terima kasih banyak gusti,

lainnya asyik memfoto-foto candi tersebut.

hamba bisa membuat kerajaan kecil yang baru bila begini ha ha ha” jawab Bandung

Mereka lalu berjalan mengikuti pemandu

bersemangat.

wisata wanita tersebut ke area lainnya.

Kemudian Rakai Pikatan meninggalkan

Selesai. Sampai jumpa dicerita lainnya.

area tersebut. Bandung, ”Ah aku ada ide bagus, ceritanya adalah perjuangan Bandung, Bondowoso, Roro Jonggrang dan tugas membuat seribu candi dalam waktu semalam, bagaimana bagus tidak?” ucapnya kepada anak buahnya. “Sepertinya bagus juga gusti,” jawab bawahannya Bandung. Lalu Bandung berjalan ke pembangunan candi yang sedang ditugaskan kepadanya. Tamat

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

43


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

CERMIN

http://gist.mirusempire.com/wp-content/uploads/2017/09/electricity.jpg

PENYEMBAH LISTRIK Archana Universa

“Tuhan kita adalah listrik! Tanpa listrik, kita akan buta saat malam hari dan banyak hal yang tidak dapat kita lakukan tanpa listrik. Listrik sangatlah penting, seperti oksigen bagi manusia.�

Orang-orang memuja listrik, memosisikannya di tempat yan maha tinggi, maha kudus. Listrik adalah sumber kehidupan. Tanpa listrik, tidak ada kehidupan. Semacam itu.

Aku berusaha tidak menguap tiap kali mendengarkan ceramah Yorsia, guru spiritual, mengenai listrik, mengenai bagaimana dia memujanya dan bagaimana kami semestinya juga sependapat dengan mereka.

Agama kami memiliki benda-benda suci. Generator, kabel, lampu adalah benda yang harus dijaga dengan baik. Tidak semua orang boleh berurusan dengan benda-benda suci. Hanya para insinyur yang boleh melakukan ritual pada bendabenda tersebut.

Ini adalah agama orang-orang di zamanku. Tapi sama sekali bukan agamaku. Aku tidak tahu. Apakah di luar sana ada tuhan lain selain listrik karena agama kami hanya satu.

https://static.pexels.com/photos/8967/night-creek-stars-usa.jpg enlightening open mind generations www.an1mage.org

Tentunya ada hukuman berat yang menantimu bila kau berusaha menyentuh apa yang tidak kau ketahui. Mulai dari pengucilan sosial, sebagai hukuman paling ringan. Hukuman paling beratnya adalah kematian itu sendiri.

44


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

“Pada tahun 237, Migas mencoba menyentuh benda-benda tuhan. Dia bukan seorang insinyur, tapi dengan tangannya yang penuh dosa, dia melakukan kesalahan yang tidak tuhan maafkan. Apakah ada yang tahu apa yang terjadi pada pendosa itu?” tanya Yorsia. “Kematian,” sahutku sembari menyembunyikan nada bosan. Bukan sesuatu yang hebat sebenarnya karena cerita soal Migas amat sangat terkenal di antara kami. Diwariskan secara turuntemurun. Kadang aku berpikir, cerita semacam ini bertujuan untuk menakut-nakuti kami. Atau memang agar kami tidak menyentuh benda-benda yang tidak kami ketahui, termasuk benda yang dianggap suci. Yorsia mengangguk dengan gerakan yang agak didramatisir. Aku heran kenapa dia tidak melamar pekerjaan di teather saja. Yorsia lebih cocok menjadi artis dari pada guru, sungguh. “Kematian,” ulang guru spiritual itu. “Bahkan tuhan kita, listrik, sekalipun tidak mengampuni dosa Migas. Tidak saat dulu dia membuat kesalahan, tidak juga sekarang dan di masa depan. Listrik adalah terlarang bagi orang-orang non insinyur! Tentunya kisah soal Migas akan selalu membuat kita ingat untuk tidak menyentuh benda-benda suci.” “Bagaimana tuhan mendorong manusia untuk melakukan perbuatan baik, cinta kasih, pemaaf. Sementara dia sendiri tidak memaafkan Migas sampai kapan pun?” Kerrt yang duduk di sampingku memuntahkan pertanyaan yang selama ini kami sering bahas, tapi tidak di dalam kelas. Hanya percakapan anak muda biasa. “Ada beberapa hal yang membuat tuhan memutuskan untuk memberikan hukuman. Tuhan telah memberikan neraka pada Migas, bukan tanpa alasan yang jelas,” jawab Yorsia.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

“Tuhan kita maha adil, Kerrt. Dia akan memberi surga pada manusia yang taat padanya dan memberikan neraka pada yang memberontak. Tentunya tidak adil jika manusia yang baik dan buruk samasama masuk surga.” “Jadi tuhan maha pemaaf atau maha pendendam sehingga memberikan hukuman tanpa akhir?” desak Kerrt. “Para insinyur selalu berkata kita semua adalah anak tuhan! Lalu orang tua macam apa yang suka melihat anaknya disiksa selamanya dalam api neraka? Aku tidak tahu apakah aku harus membenarkan orang tua yang kejam pada anaknya!” “Kau tidak boleh meragukan tuhanmu, Kerrt! Meragukan tuhan adalah sikap pendosa! Jangan mengikuti langkah Migas, anakku!” seru Yorsia, dengan nada tajam. “Bertobatlah selagi tuhanmu masih memberikan kesempatan buatmu hidup! Dan lakukan perbuatan baik, nak!” Aku menyikut pelan Kerrt agar tidak melanjutkan konfrontasi dengan guru kami. Yorsia sangat taat pada agama, tidak pernah menanyakan apa pun mengenai tuhannya. Sehingga tingkah Kerrt pasti tidak akan diterimanya. Kerrt terdiam, ia memahami sinyal yang kuberikan. Ia masih ingin beradu pendapat dengan Yorsia, hal itu tersirat jelas di wajahnya. Tapi ia berusaha menenangkan diri. “Jangan berdebat dengan orang yang tidak waras.” Kalimat itu pernah kuberikan pada Kerrt. Bahwa orang-orang penyembah listrik tidak lagi kritis. Mereka hanya menerima apa yang sudah diterima selama berabad-abad, tanpa ada pertanyaan apa pun karena bagi orangorang ini agama listrik adalah kebenaran. Tidak, kau salah kalau berpikir aku berada di pihak Yorsia. Aku seribu persen setuju dengan Kerrt hanya saja percuma berbicara dengan orang yang sudah

45


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

menutup pikirannya. Ia sudah menciptakan dunianya sendiri. Siapa pun yang mencoba mengubah nilai-nilai yang dianut Yorsia adalah orang jahat.

“Tentu kami tidak akan mengikuti langkah Migas, ma’am,” kataku, berusaha untuk mencairkan suasana agar tidak terlalu tegang.

https://www.sciencelearn.org.nz/system/images/images/000/001/961/original/SPS_HeroImage_Demarco_123rfLtd_3 315684_l_copy.jpg?1474433193

Selama sisa pelajaran, tidak ada lagi siswa yang berani menginterupsi penjelasan Yorsia mengenai tuhannya, tuhan orang-orang kami. Sesekali memuji listrik, sesekali menyindir sikap tidak terpuji Kerrt dengan perumpamaanperumpamaan tak langsung. Tubuh Kerrt menegang. Sama sepertiku, dia tidak menikmati pelajaran ini. Indoktrinasi agama, cuci otak. Seolah agama adalah sumber kebenaran. Tapi di sini kami penjahatnya. Agama kami tidak memberikan ruang untuk bertanya. Keraguan dalam bentuk apa pun tidak dapat diterima. Pendosa dapat dihukum seret hingga mati. Bisa juga dibakar hidup-hidup. Begitu bel tanda pelajaran berakhir tubuh Kerrt menjadi lebih santai, tidak terlalu tegang. Yorsia memberikan kami tugas membaca kitab listrik supaya kami dapat

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

mempertebal iman kami. Menurutnya, segala pertanyaan kehidupan sudah tertuang dalam kitab oleh karenanya, setiap manusia yang masih mempertanyakan tuhannya adalah manusia yang tidak membaca kitab. “Dekatkanlah diri kalian pada tuhan, anakku,” ujarnya sembari keluar dari kelas. “Kurasa cara terbaik untuk mendekatkan diri pada tuhan adalah mati. Kau bisa segera berangkat menuju surga,” cibir Kerrt. “Kalau begitu, lakukanlah wahai pendosa! Aku yakin tuhan tidak akan membukakan pintu surga buatmu!” seru Jero yang sangat agamis. Dia adalah siswa kesayangan Yorsia. “Tuhan yang pasti tidak punya banyak kerjaan karena harus menjaga pintu,” bisik Kerrt ditelingaku.

46


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Tidak hanya Jero, kebanyakan orang di dunia kami sangatlah agamis. Jadi percakapan semacam anti-tuhan sebenarnya cukup berbahaya.

Suasana hati Kerrt sedang tidak bagus dan aku tidak mau jadi korban yang dimarahinya karena aku berada di dekatnya.

Bukan karena tuhan akan turun dan menghukummu. Tapi orang-orang itulah yang akan menghukummu. Para agamis bertindak sebagai hakim, sebagai tuhan itu sendiri.

Seunit bola lampu di korridor mendadak meledak. Jero yang ternyata masih ada di dekat kelas berceletuk, “Kurasa tuhan sedang marah karena Kerrt hari ini meragukannya. Kuharap anak itu baikbaik saja.”

Agama yang katanya menjauhkan manusia dari dosa, justru membuat manusia melakukan dosa karena agama. Tidakkah itu menyedihkan? “Apa yang dapat kita lakukan pada orangorang ini?” desahku setelah kelas kosong. Tinggal aku berdua dengan Kerrt. “Sebelum bertanya soal itu, mestinya kau berada di pihakku tadi saat pelajaran si tua bangka Yorsia!” dengus Kerrt, tidak senang. “Apa? Memberimu dukungan untuk menyerang tuhannya? Secara frontal? Di depan seluruh kelas? Kau tahu kita tidak memiliki kekuatan untuk itu, kau bisa diseret hingga mati jika terus melakukannya,” balasku. “Melakukan apa?” tantang Kerrt. “Merendahkan tuhan orang-orang secara frontal,”sahutku. “Kau mungkin benar, dan berani. Tapi terlalu gegabah.” “Berhentilah mengguruiku seperti Yorsia! Dasar pengecut!” seru Kerrt yang keluar kelas, meninggalkanku. Aku menghela napas. Kerrt benar, aku memang pengecut. Tapi tetap saja aku ingin dia berhenti mengobarkan peperangan seperti itu. Kerrt bisa dihabisi. Aku memasukkan semua alat tulisku ke dalam tas dan mulai keluar. Mungkin aku tidak akan menyusulnya.

Kupandangi Jero dengan tatapan tidak suka. “Jangan terlalu dekat dengan anak itu, Lux. Aku tidak akan melakukannya kalau jadi kau. Kerrt ibarat bom yang bisa meledak setiap saat, kau bisa terluka,” desis Jero sembari memicingkan mata. “Terima kasih atas perhatianmu,” jawabku sembari berlalu. “Listrik adalah Cahaya, Lux! Kau harus mengikutinya! Pendosa tertarik pada kegelapan!” peringat Jero. Kerrt pernah berkata kalau orang-orang yang terlalu agamis pada tuhan listrik adalah orang-orang sakit jiwa dan hari ini aku sangat setuju padanya. Aku tahu Jero memang membenci Kerrt karena mereka bertolak belakang dalam urusan spritual. Tapi tetap saja, aku mengharapkan Jero bersikap lebih baik. Bukankah itu yang diajarkan oleh agama? Mendorong manusia berbuat baik? Lalu mengapa Jero selalu bersikap sinis dan tidak pemaaf? Mengapa orang-orang ini, antara ucapan dengan perbuatannya berbeda? Apakah Jero merasa dirinya lebih suci sehingga sudah sepantasnya dia memperlakukan Kerrt yang pendosa di matanya secara buruk? Aku tidak tahu. Aku mulai pusing memikirkan semuanya.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

47


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

https://static1.squarespace.com/static/57e8be8bd1758ea3c6999482/t/59635197cd0f689a4a484f96/1510204580780/ Retail+Electricity.png?format=2500w

Jujur aku sangat setuju dengan pemikiranpemikiran Kerrt yang terkesan pemberontak. Aku senang melihat keberaniannya. Tapi aku tidak siap jika harus menyerang seperti dia. Kerrt benar. Aku memang pengecut. Termasuk kelakuanku menghindarinya sekarang, makin mengukuhkan kenyataan kalau aku ini pengecut. Aku tahu kemana Kerrt pergi tiap kali ia kesal. Sungai. Maka aku segera keluar dari lingkungan sekolah dan menuju danau. Orang yang kucari sedang duduk di bawah pohon. Menggigit apel jatuh di dekatnya. “Kita harus menyembah tuhan listrik? Buktinya siang hari ada matahari, Lux!” gerutu Kerrt tanpa harus menoleh untuk mengetahui siapa yang datang. “Karena energi kita sangat bergantung pada listrik,” jawabku.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

“Matahari juga bisa menjadi energi,” gumam Kerrt lambat-lambat. “Bagaimana caranya? Kebanyakan orang hanya menggunakan sinar matahari untuk menjemur pakaian agar cepat kering,” balasku. “Aku tidak tahu. Tapi kurasa manusia akan bisa mengubah energi panas matahari menjadi energi,” kata Kerrt, lebih pada dirinya sendiri. Aku duduk disampingnya. Mengambil sebuah apel jatuh, memeriksa bagian yang masih baik lalu menggigitnya. “Masalahnya hingga kini belum terbukti kalau panas matahari bisa kita jadikan sumber energi. Tapi aku tidak mau menutup kemungkinan itu,” sahutku di antara sela-sela mengunyah. “Kadang aku juga tidak tahu dari mana mendapat pemikiran semacam itu,” ujar Kerrt dengan tatapan menerawang, seolah sedang berada di tempat yang jauh.

48


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

“Orang agamis menyebutnya sebagai wahyu. Mereka yang mistik bisa menyebutnya sebagai wangsit? Kalau kau akan menyebutnya apa?” timpalku. “Transfer memory,” jawab Kerrt, tenang. Jelas sekali amarahnya di ruang kelas tadi sudah sepenuhnya menghilang. “Dari siapa?” tanyaku sembari mengernyitkan dahi. “Entah dari siapa, yang jelas informasi itu sampai padaku. Aku penerimanya,” tawa Kerrt seolah dia baru saja menceritakan sesuatu yang lucu. Aku kembali fokus, alasanku mengejar Kerrt kesini. “Aku sungguh minta maaf. Semestinya aku membelamu di depan Yorsia.” “Oh, tidak. Yang kau lakukan tadi benar,” sanggah Kerrt.

itu artinya kita punya kesempatan,” ujar Kerrt menjabarkan rencananya. “Fokus pada generasi baru dan biarkan generasi lama. Tidak perlu mengubah generasi lama yang memang sudah terlambat untuk diubah,” simpulku. “Kurang lebih seperti itu. Jadi kurasa kita sudah punya rencana yang lebih baik.” Kerrt memberikan sebuah apel yang masih baik padaku, belum jatuh ke tanah tapi sudah matang. “Kau tidak akan menyaksikanku diseret hingga mati atau dibakar hidup-hidup, Lux. Maaf sudah membuatmu khawatir, partner!” Aku menangkap apel itu sebelum menyentuh tanah. “Mari bekerja sama untuk itu, partner!”

Untuk sedetik aku mengira Kerrt gila. Dia tadi marah, sekarang memaklumiku. Entah dia atau aku yang gila. Sepertinya salah satu dari kami gila. Tapi yang jelas aku senang Kerrt tidak marah-marah. Ia aneh, tapi jauh lebih baik ketika tidak marah. “Jadi apa yang harus kita lakukan? Membiarkan saja? Karena mereka sudah terpenjara pemikirannya dan memilih untuk tetap tinggal di penjara tersebut?” celetukku. “Kau benar. Kita tidak akan langsung menghantam orang-orang seperti Yorsia atau Jero. Percuma, terlalu buang-buang waktu dan tenaga,” angguk Kerrt. “Lalu?” “Lalu kita akan mulai bicara pada generasi baru yang mau mendengarkan. Mereka mungkin tidak menerima pemikiran kita sekarang” “Mungkin banyak yang akan berseberangan pendapat. Hanya saja, ketika mereka sudah mau mendengarkan,

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

BERAPA BANYAK BUKU YANG DAPAT DISIMPAN DALAM SEUNIT SMARTPHONE? Berapa banyak tanaman dapat diselamatkan agar generasi berikutnya tidak terkena bencana perubahan iklim bumi yang semakin meninggi suhunya karena banyaknya tanaman ditebang untuk mencetak satu buku dalam format kertas? Ebook. Menjamin ragam tanaman masih dapat dilihat oleh generasi berikutnya, menjaga bumi tetap segar, bumi yang hijau. jadilah pahlawan dengan tidak membeli buku cetak kertas. Kirimkan karya tulis kamu, An1mage menerima tulisan di berbagai bidang ilmu, hobi, novel, dan komik. Royalti income bagi penulis mencapai 50% net. Ebook akan beredar di An1mage Store, Play Store, Google Book, dan Amazon, jangkauan publikasi mendunia, membuka potensi penjualan, cakupan, dan popularitas lebih luas, kirim karyamu ke: an1mage@an1mage.org49


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

PRESS RELEASE

IULI GELAR OPEN HOUSE: Cara Sukses Mahasiswa Menembus Tingkat Internasional dan Mencapai Karir yang Cemerlang Peningkatan persaingan dan jumlah lulusan sarjana di Indonesia menjadi kecemasan sebagian orang tua dan generasi muda saat ini, seiring pula pertumbuhan angka pengangguran yang semakin bertambah. Munculnya kesepakatan perdagangan bebas menjadi salah satu ancaman kuat yang dapat menyebabkan calon tenaga kerja Indonesia kalah dalam persaingan. Beberapa faktor keterbatasan dalam bahasa, dan sikap mental. Pada Open House kali ini yang dilakukan di Kampus IULI, The Breeze, BSD City, International

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

University Liaison Indonesia (IULI) ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa pentingnya memilih universitas agar mampu menunjang pendidikan mahasiswa dengan baik, sehingga mereka siap bersaing di Indonesia bahkan di luar negeri. Dr. Ir. Tutuko Prajogo, MSMfge selaku rektor IULI menyampaikan, �Kami percaya pada kemampuan putra-putri bangsa Indonesia dalam berprestasi di kehidupan internasional. Mereka hanya perlu diberi tantangan dan kesempatan hidup secara nyata di

50


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

lingkungan akademik, riset dan pekerjaan yang bersifat internasional. IULI akan membuka kesempatan itu kepada mahasiswanya�. Open House kali ini juga dihadiri oleh Dr.Ing. Ilham A Habibie, MBA selaku pendiri International University Liaison Indonesia. ULI yang memiliki mitra di beberapa kampus di Eropa saat ini membuka program kerjasama dual degree di mana mahasiswa IULI akan mendapatkan pengalaman kuliah di salah satu universitas mitra dan berkesempatan untuk mendapat pengalaman magang di Eropa, hal-hal tersebut dapat menjadi bekal mereka bersaing secara level nasional maupun internasional.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

IULI sebagai persiapan dan pembuka jalan bagi generasi muda Indonesia untuk berprestasi dalam kehidupan dan lingkungan Internasional.

Informasi Program studi IULI: Automotive Engineering, Aviation Engineering, Computer Science, Electrical Engineering, Industrial Engineering, Mechatronic Engineering, Mechanical Engineering, Biomedical Engineering, Chemical Engineering, Food Technology, Aviation Management, Hotel and Tourism Management, International Relations, dan International Business Administration. Sumber gambar https://www.iuli.ac.id/p/spirit-student-creativityiuli-open-house/

51


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

LIPUTAN

Sumber gambar: www.facebook.com/HimaAksiUnpam tim dokumentasi Accfest 2017

UNPAM: ACCFEST 2017 Pelaksanaan Accounting Festival (ACCFEST) 2017 sangat meriah, beberapa rangkaian acara berjalan sukses diselenggarakan dalam November 2017 dan ditutup dengan beberapa acara panggung yang menarik.

Opening Accounting Festival 2017 yang dilaksanakan pada tanggal 14 November bertempat di Aula Rektorat Universitas Pamulang. Opening ACCFEST 2017 dimeriahkan dengan tari kreasi, tari saman dan menyanyi sekaligus pembukaan ACCFEST 2017 yang disampaikan oleh Kaprodi S1 Akuntansi UNPAM yaitu Bapak H. Endang Ruhiyat, SE., MM.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

Accounting Got Talent (AGT) Pada 15 November babak Penyisihan Accounting Got Talent 2017, di mana bertujuan untuk mencari Mahasiswa S-1

52


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Akuntansi yang memiliki bakat baik di bidang musik, seni tari, stand up comedy hingga MC. Pada 28 november final Accounting Got Talent (AGT) 2017 dilaksanakan, di mana 5 finalis terbaik bersaing memperebutkan juara 1, 2 dan 3. Juara 1 Juara 2 Juara 3 Juara Favorit

: Upin Kill Ipin : Manan Nurjaman : The Firtan : Andika Kurniawan

Pamulang University Accounting Competition (PAC) Rangkaian acara selanjutnya adalah Pamulang University Accounting Competition (PAC) 2017 yang dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 21-22 November.

Accounting Futsal Cup (AFC) Tanggal 18-19 November dilaksanakan Accounting Futsal Competition (AFC) 2017. Kompetisi AFC ini merupakan pertandingan antarkampus, dibuka untuk seluruh mahasiswa aktif se-JABODETABEK yang memperebutkan juara 1,2 dan 3. AFC 2017 dilaksanakan di Futsal Camp Ciputat. Juara 1

: Psikologi UP. Universitas Pancasila Juara 2 : Happy Futsal. Universitas Pamulang Juara 3 : STIE BP. STIE Bhakti Pembangunan Best Player: Adi Wijaya. Happy Futsal Universitas Pamulang

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

Tahapan PAC terdiri dari tes tulis, nine corner, dan pada final akan diadakan presentasi oleh 3 tim terbaik mengenai economic issue. Final PAC akan bertempat di Aula Rektorat Universitas Pamulang. Juara 1: Tim Tersenyum Pahit (Reg.A semester 5)  Timothy Hartanto  Patricia Emeralda Mistica Lamak  Mahesa Hani Akbar

53


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Juara 2: Tim Gold Generation (Reg.B semester 1)  Betra Saputra  Dahlia Indriyanti  Witria Noviani

Terdapat 2 kategori yang dipertandingkan yaitu Tunggal Putra dan Ganda Putra. Di mana dari masing – masing kategori memperebutkan juara 1 dan 2. AO dibuka untuk seluruh mahasiswa aktif seJABODETABEK.

Juara 3: Tim Bufri 38 (Reg.C semester 1)  Fytha Tri Hastuty  Novita Sari Pahlawan Eka Putri  Hafid Ikhwarizmi

Kategori Tunggal Putra: Juara 1: Virgiansyah. Universitas Budi Luhur Juara 2: Regi Athallah Universitas Budi Luhur Kategori Ganda Putra: Juara 1: Imam Syarif dan Abdul Basit Wicaksana. Universitas Budi Luhur Juara 2: M. Surya Fajar dan Reza Maulana. Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Jakarta

Putra – Putri Akuntansi (PPA) Pada tanggal 28 November dilaksanakan tahap final Putra Putri S1 Akuntansi (PPA) 2017, di mana sebelumnya telah menjalani proses karantina selama 2 hari. Terdapat 2 kategori juara yang akan diperebutkan, yaitu Juara Utama (Putra dan Putri S1 Akuntansi 2017) dan Juara Atribut (Putra dan Putri S1 Akuntansi Terfavorit). Putra Akuntansi 2017 : Pijar Ajie Pamungkas Putri Akuntansi 2017 : Rizki Erlina Safitri Putra Akuntansi 2017 : Akbar Rizal Maulana Putri Akuntansi 2017 terfavorit: Nur Izma Fharira Acara ACCFEST 2017 berakhir dengan diadakannya Closing ACCFEST 2017 di Auditorium UNPAM pada tanggal 30 November. Accounting Open (AO) Selanjutnya yaitu pelaksanaan Accounting Open (AO) 2017 yang diselenggarakan pada tanggal 25-26 November bertempat di Gedung SAG Ciputat.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

Closing ACCFEST tahun ini adalah yang terbesar dari sebelumnya, karena pada tahun ini akan bertabur guest stars seperti Adera dan Cous Coustic.

54


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Selain kedua guest stars tersebut, ada penampilan dari juara AGT 2017 dan finalis Putra Putri Akuntansi 2017. Pada hari yang sama juga sekaligus ada charity yang akan diberikan kepada Panti Asuhan Daarul Ulum Ciputat serta pemberian hadiah kepada masing-masing pemenang perlombaan dalam rangkaian kegiatan Accfest 2017 ini. Selamat buat tim event Accfest 2017 dengan acaranya yang sukses.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

55


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

LIPUTAN

Sumber foto: tim dokumentasi CSAI 2017 Kalbis.

KALBIS: International Conference on Computer Science and Artificial Intelligence (CSAI 2017) Konferensi yang diselenggarakan tidak hanya CSAI tetapi juga International Conference on Information and Network Security (ICINS 2017) yang kelima, kemudian International Conference on information and Multimedia Technology (ICIMT 2017) yang ke sembilan.

MComp.Sc. dan University of Buraimi, Sultunate, Oman diwakili oleh Prof. Nabil EL KADHI.

Pembukaan konferensi pada 5 Desember 2017 di Kalbis Institute lantai 6. Sebelum acara dibuka, ada penandatanganan MOU antara Kalbis Institute dengan University of Buraimi, Sultunate, Oman. Kalbis Institute, Indonesia diwakili oleh Rektornya yaitu Ir. Sablin Yusuf MSc.,

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

56


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Pembicara selanjutnya yaitu Ir. Paulus Insap Santosa, Ph.D dari Universitas Gadjah Mada, Indonesia dengan materi Interaction Design for A MutimediaRelated Environment. Setelah itu acara ditutup dengan tarian tradisional ala Betawi oleh Mahasiswa Kalbis Institute. Sebanyak 53 pemakalah dari berbagai negara yang bergabung dalam konferensi internasional ini. Konferensi dibagi menjadi beberapa track (kelas) sesuai dengan topik konferensi.

Setelah MOU berakhir, acara dilanjutkan dengan opening yang dibuka oleh Rektor Kalbis institute yaitu Ir. Sablin Yusuf MSc., MComp.Sc. Kemudian acara dilanjutkan oleh Prof. Nabil EL KADHI dari University of Buraimi, Sultunate, Oman sebagai Conference Chair. Disusul sambutan dari Dr. Hadi Sutopo, S.Kom, M.Msi.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

Konferensi yang menggunakan track pada 6 Desember 2017, pada 7 Desember 2017 acara diakhiri dengan tour ke beberapa area wisata di Jakarta yaitu Monumen Nasional Merdeka, Taman Mini Indonesia Indah, pasar seni, dan Museum Pusat, Jakarta. Acara berlangsung sukses, sampai jumpa di konferensi internasional berikutnya. Selamat buat tim konferensi dari Kalbis dan semua yang terlibat di dalamya.

57


AN1MAGINE

enlightening open mind generations

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

www.an1mage.org

58


AN1MAGINE

enlightening open mind generations

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

www.an1mage.org

59


AN1MAGINE

enlightening open mind generations

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

www.an1mage.org

60


AN1MAGINE

enlightening open mind generations

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

www.an1mage.org

61


AN1MAGINE

enlightening open mind generations

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

www.an1mage.org

62


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

BUKU BARU BULAN INI Dalam hubungan, nggak ada 2 kepemimpinan, harus ada yang mau ngalah sekali-kali. Tapi Tante salut kalian bisa bertahan selama ini. 10 tahun waktu yang lama untuk dua orang keras kepala seperti kalian berdua”. Ketika di Jogja - Widayanti Arioka Karya kreatif membahas filosofi tentang perempuan, sains, dan imajinasi. Antologi karya unik Archana Universa, Asya Azalea, dan Widayanti Arioka ISBN: 978602-6510-64-8 dapat diunduh langsung di An1mage Store, Play Store, Google Play, Google Book, dan inovel. sumber gambar kalbis.ac.id

PEREMPUAN YANG INGIN DILAMAR DENGAN CINCIN SATURNUS “Pernikahan untuk mengukuhkan cinta, menurutku klise. Kuakui, mereka yang pacaran ingin segera menikah. Sementara yang sudah menikah ingin pacaran lagi. Tidak semua begitu, tapi banyak yang begitu,” tambah Mbak Tari. Wanita yang (Masih) Memilih Lajang Archana Universa “Tapi kalau kalian penasaran, dengan siapa saya menikah, saya akan membocorkan satu kriterianya.” Dengan memasang ekspresi wajah serius nan misterius, Diana berkata, “Saya akan menikah dengan seseorang yang melamar saya dengan cincin Saturnus.” Perempuan yang Ingin Dilamar dengan Cincin Saturnus - Asya Azalea Tak lama, Tante Ve berujar, “Tante kan sudah bilang dulu, kalian itu sama-sama keras. Sama-sama ingin jadi ‘alpha’.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

MORE THAN A FEELING

More than a feeling oleh Aa Dany ISBN: 978-602-6510-65-5 kisah cinta remaja yang dikemas menarik, bagaimana suatu perasaan demikian kuatnya sehingga lebih sekedar perasaan.

63


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Ikuti komik karya Aa Dany, komik ini dapat diunduh langsung di An1mage Store dan dapat dipesan di ikomik.

pencapaiaan di masa sekarang dan mendatang. Riwayat Hidup Paulus: Sosiologi Dialektika Teologi-Etis menurut Surat Roma oleh Dr. Telhalia, M.Th. ISBN: 9786026510631 dapat diunduh langsung di An1mage Store, Play Store, Google Play, Google Book, dan dapat dipesan di iteks.

RIWAYAT HIDUP PAULUS: SOSIOLOGI DIALEKTIKA TEOLOGI-ETIS MENURUT SURAT ROMA

Riwayat Hidup Paulus: Sosiologi Dialektika Teologi-Etis menurut Surat Roma oleh Dr. Telhalia, M.Th. ISBN: 9786026510631 Paulus, yang sebelum “bertobat” bernama Saulus, dapat dikatakan sebagai tokoh fenomenal sekaligus penting, selain Petrus dalam nats Perjanjian Baru.

PEMENUHAN HUKUM ADAT DALAM PERKAWINAN DAYAK NGAJU

Proses perjalanan spritual rasul yang lahir di Tarsus, Turki dan wafat di Roma ini dari masa lalu kepada kekinian dapat disebut sebagai pengalaman atau “Jalan menuju”. Setiap orang pasti pernah memiliki masa lalu untuk sampai pada masa kininya.

Pemenuhan Hukum Adat dalam Perkawinan Dayak Ngaju oleh Dr. Telhalia, M.Th. ISBN: 978-602-6510-62-4 merupakan studi pada adat istiadat perkawinan pada Dayak Ngaju, serta benturan budaya dengan sistem perkawinan gereja yang dikemas apik.

Masa lalu tidak pernah terhapus dalam kehidupan setiap individu, namun masa lalu dapat menjadi “Jalan menuju” pada setiap kehidupan individu maupun kelompok untuk dapat sampai kepada

Pemenuhan Hukum Adat dalam Perkawinan Dayak Ngaju dapat diunduh langsung di An1mage Store, Play Store, Play Book, Google Book dan dapat dipesan di iteks store.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

64


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

https://www.vfxindia.co.in/img/about/banner-3d.jpg

ELEMEN & PRINSIP ANIMASI 3D: Slow In – Slow Out Bagian 1 M.S. Gumelar

An1mareaders telah mempelajari elemen dan prinsip animasi 2D di An1magine edisiedisi sebelumnya atau An1mareaders dapat membaca buku “Elemen dan Prinsip Animasi 2D� ebook-nya dapat dibeli di an1mage store (store.an1mage.net).

1. 3D Stop Motion. Dengan masih menggunakan cara tradisional, menggunakan clay (lempung), lilin plastisin, action figures, dan bahanbahan lainnya yang memungkinkan untuk dibuat menjadi animasi 3D secara tradisional stop motion.

Kini An1mareaders akan mempelajari elemen dan prinsip animasi 3D yang tidak jauh berbeda dalam elemen dan prinsip animasi 2D, tetapi ada beberapa prinsip yang berbeda, terutama penekanan pada keyframe dan pose to pose animation. Sepertinya pada elemen dan prinsip animasi 2D, penulis akan memulai elemen dan prinsip animasi 3D dengan prinsip Slow Out (acceleration) and Slow in (deceleration). Animasi 3D ada lima cara membuatnya yaitu:

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

https://www.veda-edu.com/wpcontent/uploads/2013/05/clay-animation1.png

Cara menganimasikannya sama seperti animasi 2D tradisional, yaitu difoto atau direkam setiap satu still 65

TUTORIAL


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

image menjadi satu frame, kemudian disusun geraknya yang alami berdasarkan hukum fisika.

http://2.bp.blogspot.com/-Tlvyef3AE8/TfLcHcVApQI/AAAAAAAAAK8/trhz5cQL Dw4/s1600/CLAY+ANIMATION+2.jpg

Terkadang tantangannya membuat boneka menjadi kostum penuh adalah panas yang berlebih ditubuh animatornya, kecuali membuat tambahan pendingin di dalam kostum akan memberi solusinya. Untuk membuat monster juga dapat menggunakan orang yang diterapkan teknik prosthetic, yang merupakan solusi lain daripada membuat animasi 3D secara digital. Sebagian ada yang berpikir, tidak perlu membuat kostum penuh, cukup menggunakan setengah kostum yang dapat dikendalikan oleh tangan seperti dapat acara Muppet show.

Action figures 3D animaton. https://i.ytimg.com/vi/4ELdR3XvQwA/maxresdef ault.jpg

2. Puppetry. Menggunakan boneka yang dikendalikan oleh orang seperti boneka marionette, atau orang menggunakan kostum, yang dikenal di masa lalu adalah teletubbies.

Boneka yang digerakkan oleh tangan. https://vignette.wikia.nocookie.net/muppet/imag es/9/97/OMAM17.jpg/revision/latest?cb=200602 05185332

3. Digital atau computer generated imagery (CGI). Tidak seperti animasi 2D dan atau 3D tradisional di mana gerak berdasarkan hukum fisika,

Boneka ala marionette. Sumber: https://www.czechmarionettes.com/images/loutk y/full/Czech-Marionettes-sanchopanza_czech_marionettes_10.5b86.jpg Animasi 3D yang menggunakan 3D Digital software.https://i.ytimg.com/vi/4ELdR3XvQwA/m axresdefault.jpg

Menggerakkan boneka dari dalam sebagai kostum, solusi murah untuk membuat animasi 3D. Sumber: https://i.ytimg.com/vi/xr9CuM3H5w0/maxresdefa ult.jpg

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

Percepatan dan perlambatan berdasarkan jarak antara satu gambar dengan gambar lainnya, tetapi animasi 3D digital benar-benar memanfaatkan fisika, yang juga dapat diterapkan menggunakan motion path, serta graph editor untuk beberapa aplikasi tertentu. 66


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Bahkan ada yang menggunakan digital 3D game engine dalam membuat animasi. Salah satu yang santer diberitakan menghasilkan animasi 3D menggunakan game engine adalah Kung Fu Panda. Motion capture secara wireless untuk karakter Golem di Lord of the rings movie. Sumber: https://i.pinimg.com/originals/02/49/c4/0249c44b e807887b8d8f5c0b3eeaa215.jpg

http://www.games-arcade.net/thumbs/K/kung-fupanda-2-game.jpg

Walaupun di kalangan gamer ada juga yang menggunakan The Sims 2 game engine untuk membuat animasi 3D.

Motion capture yang diterapkan pada facial motion expression pada movie Planet of The apes. Bahkan teknik ini disebut dengan nama facial motion capture. Sumber: http://screencrush.com/files/2014/07/motioncapture-feature.jpg’

Motion Capture dan Augmented Reality Marker Tracking adalah Teknologi yang memungkinkan seseorang menggerakkan model 3D menjadi bergerak.

The sims 2 Game Engine. http://www.gamestor.org/uploads/posts/201203/1331458452_s2d275374df11cdbfeb9e14507b9 b9c3ba36346306.jpeg

5. Stereoscopic: ilusi 3D. Masih ingat di masa lalu ada alat yang membantu melihat gambar 2D menjelma seperti gambar 3D? Ya nama alat itu adalah Viewmaster.

4. 3D Hybrid Technique: menggunakan orang sungguhan dengan menggunakan alat seperti motion capture, augmented reality marker tracking, dan atau teknologi lainnya.

http://www.extremetech.com/wpcontent/uploads/2015/02/ClassicViewmaster.jpp Perhatikan augmented reality marker tracking digunakan untuk tracking dan menggerakkan 3D model 3D secara langsung di Chappie the Movie. Sumber: https://i.vimeocdn.com/video/529318699_1280x72 0.jpg

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

Manusia berpikir bagaimana membuat animasi dan atau live action movie menjadi nyata ilusinya, ada beberapa terobosan membuat animasi 2D dilihat seperti 3D, di sinilah potensi eksplorasi stereogram. 67


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Pada dasarnya dua gambar yang hampir identik bila dilihat secara terpisah oleh sekat saat dilihat secara bersamaan oleh mata manusia akan membentuk ilusi 3D, teknik ini disebut dengan nama stereoscopic side by side. Red green stereoscopic. https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d /d7/Art_Institute_of_Chicago_Lion_Statue_%28an aglyph_stereo%29.jpg

Dua gambar identik yang mampu menghasilkan ilusi 3D. Sumber: https://img00.deviantart.net/d32b/i/2012/108/0/5/st ereoscopic__planet_by_heavenwill-d4wlqvh.jpg

Stereoscopic side by side memerlukan kacamata khusus yang menyekat mata kiri hanya melihat gambar yang dikiri dan mata kanan hanya melihat area yang untuk mata kanan, penyatuan kedua gambar yang sedikit berbeda ini mampu menghasilkan ilusi 3D. Ada juga membuat stereoscopic menggunakan channel RGB dan lebih sering disebut Red Blue Stereoscopic. Diperlukan kacamata untuk stereoscopic red blue untuk melihat gambar menjadi ilusi 3D.

Ada juga yang menggunakan stereoscopic dengan teknik interlaced active 3D dan interlaced passive 3D. Active 3D menggunakan kacamata yang memerlukan baterai. Passive 3D kacamatanya tidak memerlukan baterai. Kemudian ada hologram, di mana dapat menggunakan teknik tertentu, dapat juga menggunakan kacamata, atau dapat juga suatu saat softlens dapat digunakan sebagai media monitor hologram. Teknologi ini sudah digunakan dalam panggung di mana Michael Jackson muncul sebagai hologram.

https://www.billboard.com/files/media/michaeljackson-hologram-bbmas-2014-billboard-1548.jpg

Red blue stereoscopic. https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d /d7/Art_Institute_of_Chicago_Lion_Statue_%28an aglyph_stereo%29.jpg

Walaupun dapat juga membuat tidak hanya dengan channel red dan blue saja, tetapi ternyata juga dapat menggunakan channel red dan green stereoscopic. Diperlukan kacamata untuk stereoscopic red green untuk melihat gambar menjadi ilusi 3D. enlightening open mind generations

www.an1mage.org

Di sini jelas bahwa animasi 2D dapat memiliki ilusi 3D, bahkan menjadi ilusi 4D bila melibatkan angin, air, aroma, dan tempat duduk yang mampu bergerak secara hidrolik untuk membuat animasinya menjadi lebih memiliki ilusi 3D yang meyakinkan saat ditayangkan. Lalu animasi 3D yang dihasilkan oleh 3D animator bearti bukan animasi 3D? Benar sekali, animasi 3D yang dihasilkan animator 3D setelah menjadi animasi movie bila tidak menggunakan 68


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

teknik stereoscopic, maka hasilnya dapat disebut animasi 2D, dan baru dapat disebut animasi 3D bila menggunakan teknik ilusi stereoscopic.

Ada banyak software untuk membuat animasi dengan cara CGI, salah satunya adalah menggunakan software yang bernama Blender.

Setelah mengerti bagaimana cara membuat animasi 3D. Penulis akan fokus membahasa elemen dan prinsip animasi 3D secara digital murni. Namun sebelum membahasnya, penulis akan sharing elemen animasi 3D.

Software atau aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat simulasi lingkungan virtual dalam format 3D, dapat di-download secara free di: https://www.blender.org/

Elemen Animasi 3D. Elemen ini juga digunakan untuk animasi 2D, elemen untuk animasi movie beda lagi, untuk elemen animasi movie, elemennya ditambahkan seperti misalnya cerita, filosofi dan lainnya sesuai keperluan: 1. Ilustrasi karakter untuk dianimasikan sesuai dengan kemampuan. Di mana gaya gambar dan model tidak wajib bagus, sesuaikan dengan gaya gambar yang telah ditentukan. 2. Gerak (motion) berdasarkan fisika yang diterapkan dalam cerita pendek per adegan sesuai keperluan. 3. Audio dan lip sync.

Silakan an1mareaders men-download dan meng-install-nya aplikasi komputer berbasis Windows ini. Penulis tidak akan memberi tutorial bagaimana cara men-download dan meng-install-nya, diasumsikan an1mareaders sudah dapat melakukannya. Slow in-Slow out An1mareaders dalam tutorial pertama ini, penulis akan memberikan prinsip animasi yang pertama yaitu percepatan (slow out/velocity in) dan perlambatan (slow in/velocity out). Dasar dari animasi 3D digital adalah keyframe. Keyframe ini merupakan adaptasi dari teknik animasi 2D yang disebut dengan nama key drawing atau dapat disebut dengan nama key pose, sehingga dari key drawing satu ke key drawing lainnya disebut dengan nama pose to pose.

4. Biologi (bila diperlukan untuk anatomi berbagai mahluk, bahkan desain biologi yang ada dan atau sengaja dibuat ada) 5. Emosi (beragam emosi) untuk ekpresi wajah dan tubuh yang diperlukan sesuai situasi. 6. Latar (setting) yang diperlukan untuk latar depan (foreground), latar belakang (background), serta alat dan peralatan (properties) lainnya sesuai keperluan. An1mareaders ada banyak metode atau cara membuat animasi. Dalam tutorial ini penulis menggunakan komputer yang biasa disebut dengan nama digital, lebih kerennya disebut dengan nama Computer Generated Imagery (CGI).

Pose to pose atau dapat disebut key pose to key pose sebagai acuan gerak animasi 2D dan atau animasi 3D secara digital. Sumber: https://tenpatenpa

.files.wordpress.com/2013/04/keyposeillustration.png enlightening open mind generations

www.an1mage.org

69


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Gambar kunci awal (First Key drawing/key pose)

Gambar kunci akhir (Last Key drawing/key pose)

Simbol urutan gambar di antara key drawings (In between Sequences drawing symbols)

Click saja pada gambar berwarna yang di tengah untuk menghilangkan gambar tersebut, kini akan muncul layar secara default (baku), di mana ada box di tengahnya.

Lintasan gerak (trajectories)

Seorang animator 3D menentukan key pose/keyframe awal, kemudian menentukan key pose/keyframe akhir, sedangkan percepatannya menggunakan lintasan gerak (motion path/trajectories) atau kadang disebut dengan nama tween, dalam mode graph editor, F-Curve, dan atau nama lainnya dengan fungsi yang sama. Lalu saat animasi 3D CGI tersebut dirender, image di antaranya yang biasanya dibuat oleh inbetweener dalam animasi 2D secara tradisional kini pembuatannya dalam animasi 3D CGI digantikan oleh komputer.

Langkah awal karena diperlukan benda bulat (sphere) maka kotak (box) yang ada dihapus terlebih dahulu dengan cara click box tersebut dan tekan huruf X di keyboard akan muncul pop up menu untuk delete.

Bagaimana membuat "Bouncing Ball" yang melibatkan percepatan dan perlambatan secara digital dengan menggunakan gerak animasi gaya realis dan kartun. Penulis menggunakan Blender versi 2.79, tampilan awalnya kurang lebih seperti gambar di kanan atas halaman ini.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

70


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Tekan enter untuk mengkonfirmasikannya, bila salah, tekan kombinasi tombol keyboard Ctrl Z untuk meng-undo atau membatalkannya. Kini tekan Shift A akan memunculkan pop up menu mesh, pilih UV sphere click lepas.

An1mareaders dapat melihat perbedaannya sebelum nilainya diubah dari segments 32 untuk rings 16 dan setelah diubah segments dan rings-nya menjadi 60 untuk keduanya.

Dapat pula dengan cara meng-click create tab yang terletak di sebelah kiri atas tepat di bawah tools tab, click UV sphere, maka akan terbuat sphere (bulatan) di area yang telah kita click sebelumnya. Untuk mengatur tingkat kehalusan sphere ini, click area segments dan ketikkan sesuai keperluan, penulis memberikan nilai 60, demikian pula pada nilai rings juga 60.

Kini untuk memudahkan belajar, Buat semua pandangan menjadi tampak atas, dengan cara click view yang ada di area kiri bawah.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

71


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

tinggal menggeser ke area yang diperlukan kemudian click lepas untuk meletakkan di area yang baru. Silakan berlatih seperlunya, bila sudah, letakkan kembali bola di tengah persilangan axis untuk memudahkan belajar

Pilih top, click lepas dan atau dengan cara menekan angka 7 di numpad, numpad angka ini biasanya ada di sebelah kanan keyboard. Silakan melihat viewport lainnya dengan memilih bottom, front, back, left, right dan silakan kembali ke viewport top (atas). OK kini bagaimana menggeser pandangan (viewport) yang ada di layar, caranya tahan tombol shift di keypad (keyboard) dan rolling button yang ada di mouse.

Atau dengan mengetikkan angka 0 untuk setiap axis yang ada di tools - transform translate - vector menu.

Silakan an1mareaders membiasakan menggeser-geser pandangan (panning) di layar, bila sudah bisa, kembali ke titik awal, di mana bola berada di tengah koordinat axis (acuan garis khayal), acuan garis axis sistem cartesian ini ada 3 untuk lingkungan virtual 3D yaitu X, Y dan Z. Kemudian untuk memperbesar pandangan (zoom in) di viewport dengan cara rolling in (rol maju) di mouse, sedangkan mundur (zoom out) dengan rolling out (rol mundur) di mouse. Untuk memindah-mindahkan objek, dalam tutorial ini berarti sphere, caranya click sphere menggunakan tombol kanan mouse tahan tombol kanan tersebut lalu drag (geser) ke area yang diperlukan, dan click tombol kiri mouse untuk meletakkan objek di tempat yang baru. Cara lainnya adalah dengan menekan tombol G di keypad, huruf G ini singkatan dari kata grab (pegang) kemudian tanpa menekan tombol apa pun di mouse

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

Untuk memudahkan kita membuat animasi, cari lokasi menu screen layout di sebelah kanan menu help, kini click screen layout dari default ke animation, click lepas untuk konfirmasi.

Tampilan screen layout-nya berubah dari default ke animation, kurang lebih seperti gambar berikut.

72


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Geser pandangan dengan cara tekan Shift di keypad dan tombol roll di mouse dan posisikan sphere di area atas dan ada space (area kosong) di bawahnya, kita akan membuat bouncing ball ala gravitasi sederhana seperti pada tutorial elemen dan prinsip animasi part 1 (bagian 1) di an1magine edisi terbitan sebelumnya.

Silakan di zoom in dengan menekan tombol rol maju (rolling in) sesuai kebutuhan, bila terlalu dekat, tekan tombol rol mundur (rolling out) untuk zoom out. Kini tekan angka 1 di numpad, untuk viewport tampak depan atau click View dan pilih front.

Kemudian tekan huruf i untuk meng-insert keyframe pose animation motion atau memberi gerakan animasi pose frame kunci.

Click view lagi dan pilih View Persp/ Ortho untuk meng-on atau off-kan cara melihat ala fish eye (mata ikan), atau dengan menekan angka 5 di numpad, dengan view secara orthogonal maka tampilan objek akan terlihat tidak terdeformasi.

Akan muncul pop up insert keyframe pose animation motion menu seperti gambar berikut, karena kita memerlukannya untuk memindah lokasi, maka kita pilih location kemudian click lepas.

Maka akan terbentuk penanda seperti berlian warna kuning (diamond) di dope sheet yang terletak di sebelah kiri atas layar seperti gambar di halaman berikutnya.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

73


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Kemudian di timeline yang terletak di kiri bawah layar, click pada durasi ke 20 seperti gambar berikut:

Bila sudah, tekan huruf i lagi untuk untuk meng-insert keyframe pose animation motion atau memberi gerakan animasi pose frame kunci berikutnya. Sehingga ada dua penanda berbentuk berlian di dope sheet seperti gambar berikut:

Kemudian tekan huruf G di keypad/keyboard secara otomatis sphere akan terseleksi, kemudian tekan huruf Z untuk mengunci perpindahan objek agar tetap pada axis Z, hal ini untuk memudahkan memindahkan secara axis ke atas atau ke bawah tanpa melenceng dari axis Z-nya. Kini pindahkan sphere hampir mendekati area bawah layar, click lepas untuk konfirmasi. Bila kurang pas, maka bisa di-undo (dibatalkan) dengan cara kombinasi tombol Ctrl dan Z, atau Ctrl Z. Bila ternyata yang sebelumnya dirasa sudah sesuai tetapi sudah terlanjur dipindah, maka dapat dibatalkan dengan kombinasi tombol Ctrl Shift Z. Sehingga hasilnya kurang lebih seperti gambar berikutnya, artinya an1mareaders posisi untuk sphere-nya tidak harus persis seperti gambar tersebut.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

Untuk men-zoom in dan men-zoom out dope sheet ini sama seperti di viewport, click dope sheet, lalu tekan tombol rol di mouse untuk maju (rolling in) hasilnya adalah zoom in. Zoom out dengan cara geser-geser tombol rol mouse mundur (rolling out). Untuk menggeser-gesernya area dope sheet atau panning dengan cara click dan tahan tombol rol di mouse dan gesergeser dope sheet sesuai keperluan. Kini click tombol play untuk mem-play animasi yang telah dibuat.Tombol ini ada di area tengah bawah layar, lokasinya seperti di gambar berikut.

74


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Setelah di click animasi berjalan, tetapi garis play timeline tetap berjalan, ada apakah ini? Click tombol pause untuk menstop, menghentikan frame di timeline yang tengah berjalan.

Kini click play lagi, maka hasilnya adalah animasi akan ter-play dalam durasi tayang 40 frames saja.

Perhatikan animasinya, sphere hanya teranimasi dari frame 0 sampai frame ke 20 saja, sisanya akan kita buat dengan cara meng-copy frame di awal, yaitu frame ke 0. Caranya click mouse di frame ke 40 di area timeline seperti di gambar berikut:

Kita akan mengatur waktu tayang yang ada di timeline agar tidak terlalu banyak durasi yang di-play, caranya di area render presets sebelah kanan bawah, click end frame, ganti dari 250 frames dan ketikan angka 40, agar kita hanya menggunakan durasi tayang total hanya 40 frames saja.

Kemudian perhatikan di area dope sheet, terlihat bahwa frame di area dope sheet juga sudah pada frame ke 40. Kini click diamond keyframe di area frame awal berlian yang paling atas menggunakan tombol mouse kanan hingga semua diamond di bawahnya ikut aktif berwarna orange.

Kini tekan tombol Ctl C untuk meng-copy frame tersebut, dan kemudian tanpa menggerakkan mouse, langsung tekan tombol Ctrl V untuk mem-paste (menempelkan) frame yang telah ter-copy tadi di frame ke 40.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

75


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Kini di graph editor F-curve secara spesifik menunjukkan Z location dan transform lokasi yang telah dibuat. Click pada bezier handle yang sebelah kiri dengan menggunakan tombol mouse kanan. Drag ke area atas sampai di titik tengah frame ke 20 ini, click lepas.

Hasilnya seperti gambar di atas, kini play animasinya. Selamat an1mareaders sudah dapat membuat animasi linear motion dari bouncing ball. Animasi linear bouncing ball ini belum sempurna, ya an1mareaders benar. kita masih memerlukan sentuhan gravitasi seperti yang penulis bahasa sebelumnya, agar animasinya alami gimana caranya? Click di dope sheet, click tanda panah di objek sphere yang tadinya menunjuk ke samping kanan untuk menunjuk ke bawah bila belum melakukannya, click pada Z location yang ada di frame ke 20.

Hasilnya pastikan seperti gambar berikut di bawah ini, kemudian click play, hasilnya adalah dari frame 0 ke frame 20 terlihat animasi bola menjadi dipercepat ke arah bawah karena tarikan gravitasi, tetapi dari frame ke 20 sampai ke frame 40 animasi bolanya menjadi linear lagi.

\

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

76


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Langkah yang diperlukan selanjutnya adalah mengatur graph editor untuk Fcurve frame ke 40 di Z location-nya.Hal ini diperlukan agar menghasilkan gerakan diperlambat ke atas karena bola mendapatkan beban tarikan dari gravitasi saat kembali ke posisi atas semula.

Pastikan meng-click frame ke 40 di timeline, lalu click di dope sheet untuk sphere dan Z location-nya.

Tampilan untuk di graph editor f-curve seperti gambar di bawah, kini click bezier handle yang ada di area kiri atas menggunakan tombol mouse sebelah kanan dan drag sampai titik tengah di frame ke 20 click lepas. Hasilnya wajib seperti huruf V di gambar di bawah, hal ini untuk menjamin bahwa gravitasi telah diberikan dengan tepat kepada animasi bola membal ini.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

Selamat, an1mareaders telahmampu membuat animasi bouncing ball gravitasi. Kini kita akan bermain-main dengan mengubah durasi tayangnya menjadi 24 frames caranya gimana? Benar sekali, caranya ke Render Presets, di end frame ganti durasi 40 dan ketikkan menjadi durasi hanya 24 frames.

77


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Lalu bagaimana men-zoom in dan zoom out timeline?

Caranya sama seperti di dope sheet dan graph editor F-curve, yaitu click di timelime, kemudian tekan tombol rol di mouse dan rolling in untuk zoom in serta rolling out untuk zoom out. Untuk menggeser timeline kanan dan kiri, gunakan tombol rol di mouse, click dan tahan ke kiri dan atau ke kanan.

Click di frame ke 12, kemudian di dope sheet click pada diamond keyframe yang paling atas menggunakan tombol mouse sebelah kanan, geser keyframe diamond dari frame ke 20 ini ke frame 12 lalu click lepas, maka diamond keyframe berpindah ke posisi baru. Lakukan langkah yang sama untuk diamond keyframe yang di durasi timeline 40 digeser ke frame 24, hasilnya kurang lebih seperti gambar di halaman kanan atas berikut.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

Kini play hasilnya, di situ terlihat bahwa untuk membuat satu gerak animasi yang alami juga tidak perlu membuat banyak frame, cukup 24 frames saja. Kini save hasil animasi yang an1mareaders bikin dengan cara tekan kombinasi Ctrl S, pastikan untuk sering men-save-nya karena bila menggunakan komputer desktop untuk mencegah listrik yang mendadak terjadi powercut/mati, terkecuali menggunakan power backup dan atau menggunakan laptop. Simpan hasilnya dalam folder dengan nama an1mareaders sendiri, hal ini ini memudahkan mencari file-nya bila lupa meletakkan file-nya di mana tepatnya, tinggal search folder nama sendiri, maka apa pun yang ada di dalam file tersebut pasti akan berada di sana selama belum dihapus. Bouncing ball versi kartunnya akan dibahas di bahasan edisi berikutnya. Salam animasi 3D. Referensi: Blender Version 2.79 Help File Gumelar, M.S., 2004. Memproduksi Animasi TV Solusi Murah dan Cepat . Gumelar, M.S., 2011. 2D Animation: Hybrid Technique. Gumelar, M.S., 2011. Comic making. Gumelar, M.S., 2015. Elemen dan Prinsip Menggambar. Gumelar, M.S., 2017. Elemen dan Prinsip Animasi 2D.

78


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

MINDPORTER 2: Archilum M.S. Gumelar

Aswin menghela napas panjang. Ia masih belum ceria. Aku yakin ini pasti karena kedatangan Rawi yang tiba-tiba. Ia tidak terlihat muram sebelumnya, ia masih terlihat lebih baik bahkan ketika menceritakan betapa kesalnya ia karena seluruh keluarga menyiapkan upacara Shinar.

“Penyelinapan, membuatku terdengar seperti orang jahat, penyusup.”

“Sudah jangan kau pikirkan Rawi lagi,” sambungku.

Aswin mendesah, ia mengambil Brachuura miliknya dan memberikan dua buah padaku. “Kurasa aku tidak akan bisa makan banyak. Kau ambil milikku.”

“Tentu aku memikirkannya, Candhra. Benar-benar mengangguku, mendekati menakutiku. Aku tidak tahu apa yang mungkin terjadi jika ia membocorkan tingkah burukku pada orang-orang.” “Yah, paling kau akan menjadi budak kuil selama beberapa waktu, kemudian kau akan kembali. Orang-orang akan mengingat kesalahanmu, tapi setidaknya kau bisa menjalani kehidupanmu lagi.”

“Jujur saja aku tidak setuju kalau mengintip kuil saja dikategorikan sebagai kejahatan. Maksudku itu tidak seperti mencuri atau membunuh. Tidak ada orang yang dirugikan atau dilukai. Jadi mestinya orang-orang itu mulai berpikiran terbuka.”

Aku mengambil Brachuura yang diberi olehnya dan mulai menyantap serangga itu lagi. Masih memakan yang punyaku karena milikku saja masih belum habis. Tapi tambahan bukanlah masalah, aku yakin bisa menghabiskan seluruhnya. Aswin juga ikut makan meski kelihatan kehilangan selera. Tapi mestinya ia tetap merasa lapar biarpun sedikit.

“Terdengar sangat ringan.” “Ringan atau berat yang jelas ketika kita sudah terperangkap hukuman, kita tidak memiliki pilihan lain. Tapi kuharap tidak ada hal buruk yang menimpamu. Kalau dilihat dari tingkah Rawi tadi, sepertinya ia tidak mau mengambil pusing soal penyelinapanmu.”

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

“Candhra, bagaimana kalau kau mulai menginap saja malam ini di rumahku? Aku yakin tidak akan bisa tidur malam ini dan akan lebih baik jika ada orang yang menemani.” “Maafkan aku sobat, malam ini aku harus pulang, ibuku tidak akan senang jika aku

79


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

tidak mengantar Chatura pergi ke kuil besok. Lagi pula sebelum petang keluargamu akan pulang sebelum pergi lagi besok. Percayalah segalanya akan baik-baik saja.” “Uhh... baiklah. Apa kau akan menginap besok lusa? Kuharap ibumu tidak keberatan.” Aku mengangguk. “Aku akan menemanimu besok malam. Saat pulang nanti aku akan memberitahu ibuku kalau akan tidur di rumahmu.” “Pasti akan menyenangkan. Aku akan menyiapkan banyak makanan untuk kita santap, dan kita akan mengobrol hingga larut malam. Orang-orang tidak akan kembali besok malam. Mereka akan menginap di kuil dan berdoa.” “Berdoa,” ulangku sembari mengerutkan dahi. “Kenapa Candhra? Apakah kau tidak pernah berdoa?” Aku menggeleng. “Aku tidak meminta keinginanku dikabulkan pada para dewa. Aku mengusahakan keinginanku menjadi nyata.” “Kurasa kita diajarkan untuk mengimbangi usaha dengan doa,” sahut Aswin ikutikutan mengerutkan dahi. “Kurasa para dewa sudah kewalahan memikirkan kesulitan-kesulitan semua orang, jadi anggap aku tidak mau mengusik mereka dengan masalahmasalahku. Aku akan berusaha menyelesaikannya sendiri,” timpaku ringan. “Mestinya kau tetap berdoa pada mereka, doamu akan didengarkan dan dikabulkan pada saatnya. Aku juga akan berdoa setelah pulang ke rumah. Memohon pengampunan atas tindakan konyolku dan meminta agar hal itu tidak jadi masalah

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

besar,” ungkapnya sembari menggigit serangganya. Jadi sebenarnya anak ini lebih takut pada hukuman dari dewa atau sebenarnya takut pada sanksi yang akan di jatuhkan masyarakat? Kalau dewa maha tahu, berarti mereka sudah tahu dan akan murka. Tapi buktinya sampai sekarang Aswin tidak celaka. Aku hanya memakan Brachuura dengan diam, tidak menimpalinya karena percuma saja. Masalah pandangan soal bagaimana menempatkan diri dengan para dewadewa aku masih sukar sependapat dengan Aswin, begitu pula sebaiknya. Entah mengapa aku tidak terlalu menempatkan hal-hal yang berhubungan dengan dewa sebagai prioritas. Tapi bukan berarti aku menyingkirkan seluruhnya. Biar jarang berdoa, aku tidak pernah kabur dari tiap upacara yang kami rayakan. Aku selalu membantu keluargaku menyiapkan sesaji untuk dewa di akhir minggu ketiga tiap bulannya. Kami memang tidak menyiapkan sesaji setiap hari, alih-alih seperti itu, akhir minggu ketiga adalah waktu sakral kami di mana orang-orang menyiapkan sesaji dan berdoa. Sementara aku tetap menyiapkan sesaji dan pura-pura berdoa. Seperti yang kukatakan pada Aswin, aku tidak berdoa supaya keinginanku terwujud. Aku berusaha agar keinginanku terwujud. Sementara Aswin yang taat, sepertinya selalu berdoa setiap mendapat masalah. Ia juga akan bersyukur tiap kali mendapatkan kebahagiaan dan memohon ampunan dari dewa-dewa atas setiap kesalahan yang disadarinya. Tidak mengherankan sebenarnya. Ayah Aswin adalah salah satu tokoh agama di

80


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

sini, sementara keluargaku memang sejak awal hanya anggota saja. Tidak memiliki sejarah ada anggota keluarga yang diangkat menjadi tokoh agama.

Aku tidak tahu apakah informasi yang dimiliki Rawi akan menempatkan kami pada masalah. Kuharap tidak.

Singkat kata hanya pengikut, mungkin karena itulah ketaatan keluargaku tidak melebihi ketaatan keluarga Aswin. Mungkin karena itu juga aku tidak terlalu mau dipusingkan dengan hal-hal yang berkaitan dengan kepercayaan. Aswin menghabiskan Brachuura terakhirnya tidak lama saat aku sudah menghabiskan seluruh bagianku, termasuk pemberiannya. Namun wajahnya masih belum normal. Dahinya masih berkerut, dan senyumannya tidak nampak. Aku tidak senang dia harus sedih seperti itu. Pasti ada rasa waspada pada Rawi, kami tidak dapat memungkirinya. Tapi bagaimanapun Rawi tidak terlihat seperti orang yang ingin memunculkan perseteruan.

Aswin tidak akan tenang malam ini, tapi sebenarnya aku juga tidak akan mudah terlelap petang ini. Rawi. Entah mengapa intuisiku mengatakan aku harus waspada padanya. Mungkin aku berlebihan, mungkin kekhawatiran Aswin ikut merayapiku. Aswin menyembunyikan tusukan untuk membakar Brachuura di antara batang pohon, tersembunyi di balik bayangbayang pohon. Matahari sudah hampir hilang sekarang. “Dan kepada angin yang menyembunyikan misteri dan rahasia, berikan kami sebuah jalan yang disinari rembulan. Jalan malam yang menuntun pada matahari. Jalan bintang yang bermuara pada embun pagi.”

Setidaknya belum. Buktinya ia tidak terlalu mendesak Aswin untuk bicara lebih banyak soal rahasianya. Mengenai tindakan yang didorong oleh keingintahuan. Mestinya dewa bisa memaafkannya.

Ah! Aswin mulai berpuisi lagi.

“Santai saja teman, tidak akan ada hal buruk yang menimpamu,” kataku menguatkannya.

“Komodo? Hm…nama species reptile…pilihan yang bagus,” Puji orang berambut seperti jamur dengan kacamata bulat hitam kecil tersebut.

* Chapter 3 “Namaku Komodo,” jelasku.

“Kuharap juga begitu,” angguknya. Kami membereskan tempat pembuatan api supaya tidak nampak seperti bekas digunakan untuk membakar. Biasanya ini adalah tempat tersembunyi bagi aku dan Aswin. Namun nampaknya hari ini agak sedikit berubah. Rawi tidak sengaja menemukan tempat kami menghabiskan waktu.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

“Biar aku hajar dia Mr. G,” ucap seseorang bertubuh tinggi besar sekitar 3 meter yang berada tepat di belakang orang yang disebut sebagai Mr. G tersebut. Mr. G ditemani oleh 3 orang di belakangnya, satu orang bertubuh kecil sekitar 1.4 meter, dan satunya seorang perempuan bertubuh langsing dengan tinggi 1.7 meteran.

81


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Mr. G menggerakkan tangan kirinya ke samping kiri menghalangi. Lalu Mr. G melanjutkan kata-katanya “Kau sepertinya tidak mengenalku Komodo,”. “Haruskah?” tanya Komodo. “Hm… tidak harus,” jawab Mr. G tersenyum. “Di antara kita tidak ada perseteruan sebelumnya, jadi biarkan kami yang mengambil perempuan itu” telunjuk Mr. G mengarah ke seorang perempuan yang tergeletak di antara mereka yang saling berhadapan. “Aku harus menyelamatkannya,” jawab Komodo. “Kenalkah kau padanya?” Tanya Mr. G “Tidak begitu, kami baru berkenalan, namanya Cosmica” jawab Komodo. “Tepat sekali, namanya Cosmica, tahukah kau, dia dari mana?” Tanya Mr. G “Entahlah, kupikir dia berbohong, tapi dia mengaku dari masa depan… “ jelas Komodo. “Ah skeptis…” Mr. G bergumam “Kau bersedia menolongnya tanpa tahu benar siapa dia?” Gumam tanya Mr. G “Aku siap membantu siapapun yang memerlukan pertolongan” jawab Komodo. “Ah… seseorang yang naif, kau tahu naif tidak sama dengan baik, kenaifanmu justru ada potensi mencelakakan orang lainnya bila kau salah persepsi, dunia ini tidak hitam dan putih” Mr. G berkata dengan mata tajam menatap Komodo. “Aku cenderung melihat apa yang perlu dilakukan dalam waktu cepat untuk saat ini, menolong yang perlu pertolongan” komodo mulai jengah dengan perbincangan ini.

“Aku yakin kau pernah melakukan kesalahan dengan alasan membantu orang lain karena kenaifanmu dan akhirnya merugikan orang lain” Mr. G menekankan kata-katanya sembari menatap tajam dengan kacamata bulat hitamnya ke arah Komodo. “Aku…” Komodo menunduk, mengingat semua kesalahan yang pernah dilakukannya karena kenaifannya. “Tidak hanya kau yang mengatakan hal itu…” Jawab Komodo dengan bibir bergetar. “Nah… sebelum melakukan kesalahan yang sama, ada baiknya biarkan kami menangani Cosmica, dan lupakan kejadian kau pernah bertemu dengannya dan juga pernah bertemu kami” kata-kata Mr. G mengandung tekanan mental kepada Komodo. “Ingat… bukan kami yang menyerang Cosmica, tetapi orang lain, kami adalah temannya” Jelas Mr. G. Komodo berpikir keras dengan kenaifannya, dan akhirnya “Baiklah, aku serahkan dia kepada kalian, tetapi kalau ada apa-apa, aku akan mengejar kalian sampai di mana pun,” ucap Komodo mantap. “Bagus, keputusan yang tepat” lalu Mr. G menggerakkan kepalanya sebagai penanda agar Cosmica dibawa oleh anak buahnya. Orang yang tinggi besar sekitar tiga meteran segera bergerak mengambil tubuh Cosmica yang tergeletak. Kemudian membopongnya di pundak, dia bergerak mendekati Mr. G dan kedua temannya, kemudian mendadak kelimanya menghilang. “Teleport” gumam Komodo. Komodo kemudian memandang ke sekitar area tersebut, area gedung megah dekat

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

82


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

sungai bersih dengan gemericik air mengalir deras. *

biasanya akan diminta menyumbangkan sesuatu ke kuil, seperti hasil panen atau hewan untuk di kurbankan. Oleh karenanya, warga di sini mematuhi peraturan buat menjaga alam.

"Haruskah sungai itu mengalir tenang ketika jantung ini berdebar kencang. Haruskah kupu-kupu terbang dengan elok ketika harapanku terhenti, tertambat padamu."

Mereka sadar bahwa jika alam rusak, hal itu juga akan memberikan reaksi pada kehidupan mereka. Tidak hanya keretakan secara sosial, namun juga bisa mengganggu hasil pangan.

" Candhra…” panggil Aswin.

Nah mengenai perihal makanan, sebagian besar penduduk di tempatku sebenarnya berprofesi sebagai pekerja di perairan, entah memelihara ikan atau binatang air lainnya.

"Ya?" Aku menoleh ke arahnya dan aku memicingkan mata padanya, setelah aku tertidur sejenak, mimpi aneh dan terbangun karena panggilannya. “Kurasa semakin terang ya sinar matahari membuatmu makin suka berpuisi.”cetusku. “Tidak juga,” ujarnya sembari mengangkat bahu. “Aku bisa berpuisi kapan saja. Siang atau malam. Kemarau atau penghujan.” Siang ini terik, sama seperti hari di mana aku bertemu Aswin. Hari itu aku tengah memancing. Mestinya belut karena bulan-bulan itu belut biasanya tengah banyak. Tapi entah mengapa siang itu aku berubah pikiran. Alih-alih menuju area sawah, aku malah ke pinggiran sungai dengan pancing buatan sendiri. Aliran sungai selalu tenang dengan ikan berenang-renang di sana. Air sungai masih jernih, sekarang pun masih bersih karena masyarakat di sini menjaga sungai, tapi seingatku dulu lebih jernih. Mungkin karena penduduknya belum sebanyak sekarang. Warga yang ketahuan membuang sampah atau membuang hajat kotoran di sungai akan dikenai sanksi adat. Mereka

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

Maka dari itulah aku merasa agak berbeda ketika teman-temanku membicarakan ikan-ikan sementara yang aku tahu adalah bagaimana menumbuhkan dan merawat tanaman supaya berbuah. Namun nampaknya dewa punya rencana lain terhadapku, ia membawa Aswin padaku siang itu. Seorang anak seumuranku dengan tinggi sedikit lebih pendek dariku. “Apa sungai ini banyak ikannya?” tanyanya sembari tersenyum. Aku membuka mulut namun tidak langsung menjawab. Rasanya aku baru kali ini melihatnya, pastinya anak itu tidak tinggal di sekitar sini. Akhirnya aku menjawab hanya dengan anggukan. “Kuharap aku bisa menangkap beberapa ekor, sudah lama aku tidak menyantap ikan air tawar,” ujarnya sembari tersenyum dan mulai mempersiapkan alat memancingnya. Sebelum aku sempat menimpalinya, kailku terasa tertarik lembut. Aku segera menyentakkannya dan agak terlalu kasar nampaknya. Ikannya lepas. Umpan terakhir dan hari ini aku cuma mendapat seekor. Terdengar cukup menyedihkan.

83


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Aku merapikan gulungan senar dan tengah membuka ikatan untuk tempat menaruh ikan ketika anak itu bersuara kembali. “Kau sudah selesai?” tanyanya sembari mengerutkan dahi. “Umpanku sudah habis,” sahutku sembari memandangi ikan-ikan yang berenang di dasar sungai yang dangkal. Benar-benar kurang beruntung, bagaimana aku hanya bisa mendapatkan seekor saja padahal ikan di sini cukup banyak. “Kebetulan aku menyiapkan cukup banyak umpan, kau bisa menggunakan milikku,” ujarnya menawariku. Aku melihat bawaannya. Anak ini benarbenar mempersiapkan pemancingannya dengan baik. “Kau yakin?” kataku sembari memandangi bawaan cacingnya yang banyak. Bahkan juga ada katak kecil. “Ambilah dan kita bisa memancing bersama hingga sore,” jawabnya sembari tersenyum. “Terima kasih banyak,” sahutku yang secara tidak sadar juga ikut tersenyum. “Namaku Aswin,” katanya sembari mengulurkan tangan. “Candhra,” balasku sembari meraih tangannya. “Jadi kau tinggal di sekitar sini. Apakah menyenangkan tinggal di daerah pedalaman?” “Lumayanlah, tapi sebenarnya aku tidak benar-benar tahu,” aku menghentikan ucapanku sebentar buat berpikir, “Karena pada kenyataannya aku belum pernah mencoba hidup di daerah pesisir.”

pesisir sangatlah hidup. Suara deburan ombak yang tak pernah putus, pertemuan laut dengan langit biru” “Kujamin segalanya indah.” “Terdengar sangat menyenangkan.” “Aku bertaruh kau akan suka dengan kehidupan di pesisir,” sahut Aswin bangga. “Kau juga akan menyukai Brachuura.” “Kau sedang menceritakan hal-hal yang tidak aku ketahui,” tawaku. “Tapi aku jelas tertarik dengan kehidupan pesisir. Keluargaku semuanya adalah petani, tapi aku dari dulu penasaran dengan kehidupan tepi laut.” “Benarkah? Sebenarnya kami tengah kekurangan orang sekarang. Produksi Brachuura tengah ditingkatkan secara gila-gilaan karena permintaan yang tinggi” “Kau bisa mencoba menanyakan hal ini pada keluargamu dulu tentunya,” cerita Aswin sembari menimbang-nimbang kemungkinan aku bergabung dengannya di pesisir, meski sebenarnya dia tidak begitu yakin. Mendadak aku merasakan jantungku berdegup dengan cepat. Bukan, bukan seperti ketika aku melihat cewek yang aku taksir. Ini jelas sesuatu yang lain. Rasanya bagai mimpi. Mimpi yang terasa begitu dekat. Namun ia benar, aku harus mengonsultasikannya lebih dulu dengan keluargaku. Jujur saja aku sudah berpikir buat kabur seandainya orang tuaku tidak mengizinkan. Aku benar-benar ingin tahu kehidupan pesisir. Sangat, sangat ingin tahu. Mereka mungkin tidak mengizinkanku pergi, mereka ingin aku membantu mereka, tapi aku akan mencoba meyakinkan ibu.

“Kalau begitu kapan-kapan kau harus main ke rumahku dan merasakan betapa

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

84


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Aku percaya ibu akan mendengarkanku dan mempertimbangkan apa yang kuinginkan. “Tentu, tentu aku akan bertanya pada ibuku. Tapi bagaimana aku bisa memberitahumu soal keputusannya? Apa kau masih akan berada di sini?” Aswin mengangguk.

“Ah, kurasa ia belum ingin disantap hari ini,” ujarnya ringan. “Kurasa kita harus lebih berkonsentrasi,” tawaku. “Mari berkompetisi, siapa yang bisa mendapat ikan lebih banyak.” “Apa hadiahnya?”

“Aku akan kemari lagi esok setelah makan siang hingga senja hari. Aku harus banyak-banyak memancing.” Dia merendahkan suaranya. “Aku tidak terlalu menyukai pamanku, dia sering kali mengadakan barter secara tidak adil. Membawakan beberapa potong jamur untuk sekeranjang Brachuura, terdengar cukup gila kan?” “Kalau mengenai jamur, kau juga bisa melakukan barter dengan keluargaku,” kataku memberi tahu. “Kau seorang petani jamur?” tanyanya, terkejut.

“Yang kalah akan membakarkan ikan untuk yang menang, kemudian kita akan menyantap ikan bersama-sama.” “Terdengar menyenangkan,” sahutku menerima tantangannya. “Hari ini tentu akan menyenangkan,” katakata Aswin kembali menarikku ke masa kini. Ia terlihat lebih tenang dibandingkan saat kami berpisah kemarin sore. Lebih tepatnya setelah bertemu dengan Rawi. “Jadi kau sudah meminta izin pada ibumu?” tambahnya. Aku mengangguk.

Aku menggeleng, “Petani padi dan jagung, meski kami juga menanam umbi-umbian. Aku tidak terlalu suka hidup tanpa terkena sinar matahari, kau tahu jamur suka tumbuh di tempat yang gelap dan lembab” “Setidaknya aku mendapat limpahan cahaya yang cukup ketika berada di sawah.” “Aku juga tidak terlalu suka hidup di tempat yang cenderung gelap. Kalau kau pergi ke pesisir, kau akan mengetahui betapa melimpahnya sinar matahari. Kadang terlalu terik hingga aku banyak menghasilkan keringat,” kekehnya. “Kailmu bergerak,” kataku mengingatkan. Ia menyentakkan pelan kailnya, terlalu lemah agaknya hingga ikan pancingannya terlepas.

“Berita bagus kalau begitu. Kita bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan sepanjang malam. Kuharap kita tidak akan cepat mengantuk,” cerocosnya. Aku hanya tersenyum samar. Aswin memeriksa apakah ayamnya bertelur, ia memasukkan sebagian tubuhnya ke kandang yang kami buat bersama-sama dua tahun yang lalu. Sementara itu aku duduk di anak tangga pintu masuk rumah Aswin. Siang ini benar-benar terik, aku bahkan berkeringat lebih deras dari pada biasanya. Mulanya aku memandangi apa yang dikerjakan Aswin, kemudian kepalaku memutar kejadian setelah aku sampai rumah. "Sudah pulang pejuang pemberontak kesayanganku?"

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

85


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Aku baru saja mengendap-endap memutari sisi kiri rumahku untuk segera menuju ke sumur dan membersihkan diri sebelum masuk ke rumah lewat pintu belakang. Namun siapa sangka ibu sedang berada di sumur. "Ah! Ibu. Sedang apa?" tanyaku sembari mendekatinya. "Menyiapkan air hangat rempah untuk merendam kaki." Aku segera memerhatikan kakinya. "Apa ibu baik-baik saja?" "Kaki tua ada saja rewelnya, tapi tidak sakit kok aku hanya sedikit pegal karena berjalan jauh ke kuil Shinar." Ia berhenti untuk memijat-mijat kakinya. Aku bernapas lega karena tidak terlihat ada luka atau memar di sana. Pikiranku sudah sempat berpikiran buruk. Untungnya keadaan ibu baik-baik saja. Aku lega mengetahuinya. Tahun ini adalah tahun pertama bagi Chatura ke kuil. Dan tidak lama lagi kita bertiga akan sama-sama ke kuil. Bukankah itu terdengar menyenangkan? Aku benar-benar senang karena tahun ini tidak perlu ke kuil sendirian. Itu benar. Biasanya ibu akan berangkat sendiri. Kadang bersama koleganya, tapi tentunya rasanya tidak akan sama seperti bila berangkat bersama keluarga. "Aku senang Chatura menemanimu ke kuil. berangkat bersama-sama. Nampaknya sangat menyenangkan," kataku. Dan aku akan lebih senang bila bisa berangkat bertiga. "Aku tahu, meski begitu aku sedikit mengkhawatirkanmu. Kau harus sendirian tahun ini. Pasti itu tidak menyenangkan,"

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

ujarnya sembari mencari kebenaran di mataku. Aku tersenyum. Ia terdengar benar-benar seperti seorang ibu bila khawatir seperti itu. Tapi aku senang beliau bukan tipe yang suka mengomel atau memaksakan sesuatu dengan caranya. Ia adalah orang tua terbaik. Aku menyayanginya. "Jangan khawatir, aku banyak melakukan hal yang menyenangkan bersama Aswin." Mendadak aku teringat sesuatu untuk kuutarakan pada ibuku. "Apa kau tidak keberatan jika besok aku menginap di tempat Aswin? Kami samasama belum boleh ke kuil, maka dari itu kami berpikir untuk melakukan bakarbakar makanan." Ibuku membulatkan matanya. "Begitu? Tentu saja boleh. Bawalah beberapa jamur yang kudapatkan hari ini untuk dibakar besok bersama sahabatmu." "Terima kasih ibu, kau benar-benar baik." Aku membantunya mengambil air di sumur dan memasakkan air hangat untuknya. "Kau juga belum mandi bukan? Buat juga air hangat untukmu," kata ibu sembari duduk di tanah sebelahku. "Aku tahan kok mandi dengan air dingin. bukan masalah," sahutku enteng. "Nanti aku ke sungai saja." "Petang begini? Kau akan digigit ular pejuang pemberontak," ujarnya menimbang-nimbang. "Atau aku yang menggigit ularnya. Mereka pastinya bisa merasakan betapa berbahayanya aku," sahutku berkelakar. "Pokoknya mandi di sumur saja. Jangan pergi jauh-jauh ketika petang. Tidak banyak orang yang keluar rumah sehingga bila kau membutuhkan pertolongan, tidak akan ada yang mampu mendengar

86


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

permintaan tolongmu," bisiknya mewantiwanti. "Kau terdengar seperti sedang mengutukku,' balasku sembari pura-pura merinding. Baiklah aku akan mandi di sumur saja, baru mandi di sungai esok hari." "Terdengar sangat bertanggung jawab," tawa ibuku. Kami menunggu air menjadi panas sementara panas dari api juga digunakan untuk menghangatkan badan. Entah kapan terakhir kalinya aku dan ibu berada dalam situasi hening seperti ini.

Ibu akan selalu bersikap seperti ibu meski anaknya perlahan beranjak dewasa. Ia akan selalu memandang anaknya sebagai anak kecil yang harus ia arahkan dan lindungi. Seolah itu adalah panggilan seluruh wanita yang menjadi ibu. Ibu telah mengetahui panggilannya dalam menjalani kehidupan ini. Sementara aku belum memahami akan jadi apakah aku. Rasanya seperti berhadapan dengan ketidakadilan. Bagaimana hidup dapat terasa sangat kosong dan gelap. Aku ingin menemukan apa yang ingin kugapai. Bukan hanya sekadar hal yang berhubungan dengan pekerjaan.

"Apa yang sedang dilakukan Chatura?" "Tidur," kekeh ibu. "Ia pasti kelelahan berjalan cukup jauh ke kuil. Maka dari itu kebanyakan orang-orang akan menginap ke kuil besok. Di samping karena acaranya hingga malam, kami juga harus banyak bersujud besok.” "Kuharap kalian berdua selalu sehat." "Ah! Pejuang pemberontakku, kau tidak perlu membebani pikiranmu. Cukup tentukan cita-citamu dan meraihnya." Ia meraih tanganku dan mendekatkannya ke dadanya. "Aku senang kau tahu keinginanmu menjadi seorang nelayan. Aku senang kau sudah menjalaninya karena ketika kau bahagia, aku juga akan merasakan hal yang sama karena kaulah buah hatiku." "Terima kasih banyak ibu," sahutku sembari menempel padanya. Berapa umurku sekarang? Hampir dua puluh? Tidak kusangka kelakuanku pada ibu hampir tidak berubah, mirip sama seperti anak berumur sepuluh. Aku tidak akan pernah merasa segan untuk berlaku manja padanya.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

Karena banyak orang yang memiliki pekerjaan yang sama denganku. Banyak juga yang melakukannya karena sebenarnya mereka tidak tertarik, tapi karena keluarga mereka melakukan hal yang sama. Aku bukan orang yang seperti itu. Buktinya ketika aku ingin menjadi pekerja tambak namun keluargaku seluruhnya petani, aku akan mencapai keinginanku. Aku tahu apa yang aku inginkan, aku bukan tipe orang yang suka ikut-ikutan. Memilih tujuanku sendiri dan berjuang di dalamnya. Mengeraskan tekad supaya tetap bertahan dan mengunci rahang supaya tidak menggerutu. Termasuk menulikan telinga dari kata-kata negatif yang berdengung. “Lihatlah kau sedang melamun, Candhra,” cibir Aswin sembari memegang dua butir telur di kedua tangannya. “Aku hanya sedang tertidur tanpa memejamkan mata,” sergahku, berseloroh. “Katakan saja apa yang kau suka,” sindir Aswin lagi. “Nanti kita bisa makan ini untuk makan malam. Aku juga sudah

87


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

menangkap beberapa ekor ikan untuk kita cemil nanti malam.” Aku meraih tasku dan mengeluarkan beberapa jamur. “Ibuku memberikan ini pada kita. Kurasa hari ini kita akan mengadakan pesta. Banyak makan dan bersenang-senang.” “Sudah pasti,” ucap Aswin, riang. “Pesta privat, tidak sembarang orang boleh bergabung. Orang-orang boleh saja menyombongkan diri dengan ikut upacara Shinar, tapi bukan berarti kita yang tidak ikut adalah makhluk menyedihkan. Mari segera berpesta!” Kulirik kandang ayam milik Aswin, pintunya masih terbuka. “Kau tidak mau menutup itu?” “Aku akan menutupnya menjelang petang. Ayam-ayam itu akan mematuk kulitku dengan ganas jika aku berusaha memasukkan mereka sekarang. Ayo masuk!” Hal yang paling kusukai dari rumah Aswin adalah rumah itu terkesan hangat dan memiliki sirkulasi udara yang baik meski terdapat banyak sekali barang-barang di dalamnya. Kursi-kursi dan lemari berisi perkakas dapur. Ibu Aswin sangat suka memasak dan punya banyak sekali peralatan untuk itu dalam berbagai ukuran, seolah beliau memang mengoleksi benda-benda itu. Rumah itu besar, mengingat keluarga Aswin yang memang besar. Yang kudengar, setelah adik perempuannya menikah, justru rumah ini bertambah ramai karena suami adiknya ikut tinggal di sini. Sementara rumahku terlalu sunyi. Sama nyamannya, tapi tentunya setiap rumah memiiki kesan yang berbeda. Biar rumah ini lebih besar dan lebih baik, aku tetap lebih menyukai rumahku.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

Kuletakkan jamur yang kubawa di atas meja besar yang biasa digunakan untuk menyiapkan bahan-bahan makanan. Aku sudah cukup lama berteman dengan Aswin dan berkali-kali menginap. Jadi aku sudah cukup paham mengenai budaya dari keluarganya. “Kamarku sudah tidak dilantai ini lagi. Pindah ke lantai atas karena kamarku yang lama sekarang menjadi milik adikku dan suaminya. Mereka butuh ruangan yang cukup luas untuk berdua,” ujar Aswin sembari membersihkan ikan. Membuang sisik juga insangnya kemudian memotong ikan tersebut menjadi lima bagian. “Jadi kamarmu pindah ke mana?” sahutku sembari membuang bagian-bagian jamur yang terlihat kurang baik. “Atas. Bekas kamar Akusara.” “Hei! Bukankah itu kamar yang selalu kau inginkan?” Aswin memamerkan senyuman sumringahnya padaku. “Akhirnya penantian ini membuahkan hasil. Bagaikan tanah yang disucikan oleh hujan setelah kemarau panjang, begitulah pula harapanku yang tergenapi.” “Ah! Dasar pujangga,” kekehku sembari melemparnya dengan bagian jamur yang buruk. “Tidak kena,” ejeknya sembari berkelit. Aku tertawa melihatnya. “Candhra, seandainya seorang pujangga bisa makan dengan membuat sajak-sajak indah, mungkin aku akan meninggalkan tambak dan tenggelam dalam kegemaran merangkai kata.” “Kau bisa menjadi seorang sastrawan,” sahutku sembari mengambil pisau yang lain dari dapurnya dan mulai memotong-

88


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

motong jamur dalam bagian yang lebih kecil.

terkekeh. “Kurasa kau tidak percaya semua itu, benarkan?”

“Sastrawan biasanya juga seorang pengajar juga. Kurasa ilmuku masih dangkal. Lagi pula kalau aku menyebut soal keinginanku menjadi pujangga, ayah akan langsung melotot padaku!” serunya sembari memasang ekspresi pura-pura ketakutan.

“Hmm?”

“Karena sastrawan dinilai sebagai pekerjaan yang kurang lazim. Kita tentu punya penyair-penyair hebat meski jumlahnya tidak banyak.” “Kau benar, tidak banyak karena apa yang mereka hasilkan juga dipandang tidak mampu mencukupi kebutuhann hidup. Maksudku, siapa sih yang mau menyerahkan ayam demi mendapatkan sepenggal puisi?” “Memang agak sulit sebenarnya. Kuharap di masa depan seorang penyair bisa menjadi suatu pekerjaan yang menjanjikan,” gumamku. “Kuharap aku bisa terlahir kembali di masa di mana penyair dipandang tinggi dan bisa menjadi kaya lewat karya-karyanya.” Aku meletakkan pisauku dan menaruh potongan-potongan jamur pada tempat yang sudah di sediakan Aswin. “Apa kau percaya reinkarnasi?” tanyaku sembari menerawang ke luar jendela. Saat itu aku melihat kelebatan bayangan di luar. Mungkinkah ada seseorang di sana? Aku mendekati jendela dan memeriksa. Tidak ada apa-apa. Mungkinkah aku agak paranoid? Karena kejadian kemarin? Karena Rawi? Ah, mungkin orang itu tidak ada di sekitar sini. Dia tidak akan masuk ke pekarangan orang kan? “Apa kau percaya surga dan neraka?” Aswin mengembalikan pertanyaanku dengan pertanyaan pula. Kemudian ia

“Kau sedang apa sih?” tuntutnya sembari ikut mendekatiku, mendekati jendela. “Tidak ada,” sahutku sembari memandang Aswin kemudian memandang ke luar jendela lagi. Memang tidak ada apa-apa. Kurasa tadi aku salah lihat. “Astaga! Kau aneh sekali sobat,” desisnya sembari mendekati tungku dan mulai menyalakan api. “Wajahmu bahkan pucat.” “Pucat?” tanyaku sembari mengerutkan dahi. Aswin mengangguk. “Seperti baru saja melihat hantu.”

Chapter 4 Aku tidak percaya hantu dan menurut yang dipercayai orang-orang, hantu tidak keluar pada siang hari. Kurasa aku benarbenar salah lihat tadi. Katakan itu halusinasi. Bayangan di kepala yang kemudian menakut-nakutiku sendiri padahal tidak ada apa pun di sana. Atau kemungkinan yang logis adalah tadi yang kulihat adalah bayangan burung besar. Apa pun yang kulihat tadi sepertinya tidak terlalu penting karena aku sudah memeriksanya dan memang tidak ada apa-apa. Sebaiknya aku segera menguasai diri dan tidak mengatakan halhal aneh yang bisa membuat Aswin takut. Kami melanjutkan kegiatan mengolah makanan. Aku berusaha menangkap setiap ocehan Aswin karena sebenarnya kepalaku masih dipenuhi bayangan tadi. Bersambung

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

89


AN1MAGINE

enlightening open mind generations

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

www.an1mage.org

90


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Movie

ARRIVAL Wulan Ardhana

Director : Denis Villeneuve Writers : Eric Heisserer (screenplay by), Ted Chiang (based on the story "Story of Your Life" written by) Stars : Amy Adams, Jeremy Renner, Forest Whitaker

Cerita diawali dengan adegan di mana Louise Banks (Amy Adams) harus kehilangan putrinya karena kanker. Banks adalah pengajar juga ahli bahasa. Ketika dua belas pesawat asing muncul di beberapa area Bumi, Banks sedang mengajar.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

Banks kemudian diminta oleh Kolonel Weber (Forest Whitaker) dari Angkatan Darat A.S. bersama dan fisikawan Los Alamos National Laboratory Ian Donnelly (Jeremy Renner) untuk memecahkan tujuan makhluk asing tersebut ke Bumi. Setibanya di kamp militer AS di Montana, mereka mendatangi salah satu pesawat dan melakukan kontak dengan dua alien berkaki tujuh di dalamnya. Alien ini dijuluki "heptapod", dan di sebut sebagai Abbott dan Costello. Tentunya bahasa menjadi tantangan tersendiri di sini. Meskipun Banks adalah ahli bahasa, dia pertama kalinya

91


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

mendapati para Alien Hetapod memiliki bahasa tertulis dengan simbol melingkar yang rumit.

Banks bertanya kepada Costello tentang penglihatannya, dan Costello menjelaskan bahwa Banks melihat masa depan.

Semakin Banks memahami bahasa alien, semakin banyak kilasan-kilasan Banks mengenai putrinya.

Costello juga memberitahu bahwa mereka datang untuk membantu manusia dengan berbagi bahasanya. Bahasa mereka adalah "senjata" atau "alat" yang dimaksudkan sebelumnya karena mampu mengubah persepsi manusia terhadap waktu.

Negara-negara lain menerjemahkan Bahasa tulis alien tersebut sebagai “senjata�. Alien dianggap mengancam Bumi. Banyak negara yang memilih mundur dari proyek ini, beberapa malah mempersiapkan serangan. Namun Banks berpendapat bahwa simbol yang ditafsirkan sebagai "senjata" tersebut bisa berarti "alat" atau "teknologi". Tentara AS yang tidak setuju dengan pemikiran Banks, memasang bom di pesawat alien tersebut. Tanpa di sadari ternyata Banks dan Donnelly sedang berkomunikasi dengan Abbott dan Costello yang memberikan pesan lebih rumit. Abbot mengeluarkan Banks dan Donnelly sebelum bom meledak. Donnelly menyimpulkan bahwa simbolsimbol alien tersebut berkaitan dengan konsep waktu. Banks dan Donnelly menerjemahkan bahwa para alien ini ingin semua negara bekerja sama.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

Para alien mengetahui bahwa dalam kurun 3.000 tahun dari sekarang, merekalah yang membutuhkan bantuan manusia. Mereka meminta Banks menggunakan "senjata"-nya dan kemampuannya untuk melihat masa depan. Banks berhasil meyakinkan agar militer tidak menyerang pesawat alien. Perlahan pesawat-pesawat alien pergi dari Bumi. Donnelly ternyata adalah ayah dari putri Banks yang bernama, Hannah. Ketika mengetahui putrinya akan meninggal di masa depan, Donnelly bertanya kepada Banks keinginannya memiliki seorang anak, Banks menyetujuinya. Cerita ini erat dengan keputusan pilihan mengubah hidup atau tidak meski sudah mengetahui masa depan.

92


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

BLENDER: Modeling 9 Bagian 14 M.S. Gumelar

Pada edisi an1magine kali ini penulis melanjutkan pembahasan di edisi sebelumnya, memberi warna pada sedotan untuk minum (straw) dan juga membuat air untuk gelas yang telah dibuat.

komersial, dan juga daripada menggunakan softwares bajakan. Setelah ter-launch aplikasinya, open file yang telah an1mareaders buat di edisi sebelumnya.

Untuk tutorial sebelumnya seperti prinsipprinsip animasi 2D dan 3D, an1mareaders dapat membaca an1magine edisi sebelumnya, silakan download gratis dan share ya. http://store.an1mage.net/store/index.php?route =product/product&path=20_26&product_id=95

Penulis menggunakan blender versi 2.79 versi terkini untuk memudahkan an1mareaders pemula mengikutinya dan tidak kesulitan untuk mencari-cari versi yang lama. Blender dapat diunduh free di: https://www.blender.org lebih aman menggunakan free software karena tidak perlu membayar seperti softwares

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

Agar tidak mengganggu proses modeling membuat alat pipa sedotan, sebaiknya objek yang sudah jadi, yaitu calon gelas disembunyikan terlebih dahulu dengan cara hide boleh disebut dengan istilah mode menghilang (cloak mode). Click menggunakan tombol mouse kanan calon gelasnya, lalu tekan huruf H singkatan dari hide, untuk memunculkan

93


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

lagi tekan Alt H. Tekan huruf H lagi untuk menerapkan cloak mode pada calon gelas tersebut. Tekan tab untuk ke edit mode, atau klik Object Mode yang berada di area bawah agak ke kiri lalu pilih Edit Mode.

Tampilan di edit mode membuat pipa sedotan mesh kembali ke bentuk awal berupa gabungan curve dan cylinder.

Kemudian klik pada ikon material seperti gambar di atas, laluklik tombol plus yang kedua, lalu klik tombol new yang berikutnya.

Kemudian pastikan memilih face icon untuk memulai proses memberi warna pada beberapa faces yang berbeda sesuai keperluan. enlightening open mind generations

www.an1mage.org

94


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Klik pada diffuse bar yang berwarna putih, kemudian akan membuka menu warna, beri warna merah dengan komposisi R:1 G:0 dan B: 0, An1mareaders dapat memberi warna lainnya sesuai keperluan. Klik dua kali tulisan material, ganti menjadi nama merah.

Kali ini diperlukan warna lainnya, penulis memilih warna putih. Caranya klik tanda plus yang berada di sebelah kanan materia warna merah

Ubah namanya menjadi warna putih untuk material yang baru. Kini pastikan masih di edit mode, lalu pastikan masih memilih satu face yang ada di mesh tersebut. Kemudian pilih warna putih, dan klik tombol assign untuk menerapkan warna material yang dipilih tersebut. enlightening open mind generations

www.an1mage.org

95


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

An1mareaders dapat menyembunyikan lebih dari satu objek dengan cara menyeleksi semua objek yang akan disembunyikan, lalu tekan H.

Lakukan pemberian warna berselangseling seperti gambar di atas. Setelah setelah tekan tab di keyboard untuk ke object mode.

Lakukan secara bergantian untuk warna putihnya menjadi warna merah dan putih secara bergantian. Pastikan selalu memilih material warna putih setelah memilih face yang akan diberi warna putih kemudian klik assign untuk menerapkan warna putih tersebut.

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

Agar saat digerakkan ke posisi baru form (bentuk 3D) tidak berubah, diperlukan konversi curve dan cylinder ini menjadi mesh, caranya click Object lalu pilih convert to Mesh from Curve/Meta/Surf/Text atau menekan kombinasi untuk shorcut yaitu Alt C.

96


AN1MAGINE

Langkah berikutnya membuat pivot point atau origin ke area yang seharusnya untuk memudahkan mengendalikan sedotan tersebut, caranya saat sedotan masih aktif di object mode, tekan Ctrl Alt Shift C lalu pilih Origin to Center of Mass (Volume).

Vol. 2 No. 12 Desember 2017 JUAL BELI KOMIK KAMU, PASARKAN KOMIK KAMU, TAWARKAN JASA KETERAMPILAN KOMIK KAMU, JADIKAN DIRIMU WIRAUSAHAWAN KOMIK

ikomik

Ikomik.an1mage.net

Tekan Alt H untuk memunculkan gelas minumnya, lalu tempatkan sedotan ke gelas tersebut sesuai keperluan, gunakan skala untuk sedotan dan atau untuk gelas minum agar sesuai ukurannya.

Karya komik kamu ditolak oleh penerbit karena alasan gaya gambar kamu yang ketinggalan zaman? Gaya gambar kamu ga ngetren, gaya gambar kamu ga sesuai pasar? Gaya gambar kamu ga realis, gaya gambar kamu ga kartun, gaya gambar kamu ga hibrida, gaya gambar kamu ga fine art dan ratusan macam alasan penerbit untuk menolak gaya gambar kamu. Komik kamu ditolak penerbit karena desain gambar yang terlalu kompleks, karena gaya desain gambar kamu terlalu sederhana, gaya desain gambar kamu terlalu kuno, gaya desain gambar kamu terlalu masa depan dan ratusan alasan gaya desain lainnya yang digunakan penerbit untuk menolak karya kamu.

Ternyata jumlah halamannya tidak cukup, di edisi selanjutnya, penulis akan melanjutkan sharing menambahkan air dalam gelas, lantai, pencahayaan dan bayangan. Sampai bertemu lagi di edisi An1magine Volume III No. 1 Januari 2018. https://www.facebook.com/michael.sega.gumelar/

Referensi: Blender Blender help file

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

Karya komik kamu ditolak karena jenis cerita (genre) kamu tidak sesuai dengan aliran gaya cerita penerbitnya? Tidak sesuai dengan visi dan misi penerbitnya dan ratusan alasan penolakan lainnya yang digunakan penerbit untuk menolak karya kamu. Itu masa lalu, kini hadir ikomik.an1mage.net yang memberimu kebebasan gaya gambar apa pun, gaya cerita apa pun, gaya desain apa pun. Bukan penerbit, editor, dan atau artis komik lainnya yang menentukan karyamu akan disukai atau tidak, tetapi calon pembaca. Jual komik kamu, beli komik kesukaanmu, publikasikan sendiri komik kamu, jadikan dirimu wirausahawan komik, buktikan bahwa penerbit, editor, dan artis komik lain yang banyak kritik tentang karyamu adalah salah total. 97 Ikomik app tersedia di: An1mage Store & Play Store


AN1MAGINE

M.S. GUMELAR

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

Dapatkan di An1mage Store enlightening open mind generations

www.an1mage.org

98


AN1MAGINE

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

archana universa

Pilihanmu akan membawa maut‌

Setiap pilihanmu membawa maut. Temukan petualanganmu sendiri dengan memilih ceritamu sendiri dengan ending pilihanmu sendiri. Pick your own endings/PYOE dalam novel fiksi ilmiah ini memberikan beragam kemungkinan dan mampu menggelitik kamu untuk membaca terus sampai menemukan multiple endings yang luar biasa jenius

Dapatkan di An1mage Store

enlightening open mind generations

www.an1mage.org

99


AN1MAGINE

enlightening open mind generations

Vol. 2 No. 12 Desember 2017

www.an1mage.org

10 0

Dapatkan di An1mage Store

Profile for an1mage

An1magine Volume 2 Nomor 12 Desember 2017  

An1magine Volume 2 Nomor 12 Desember 2017  

Advertisement