Page 35

đ?‘?đ?›ź 2 đ?‘ƒ(1 − đ?‘ƒ) đ?‘›= đ?‘‘2 2,5762 đ?‘Ľ0,5đ?‘Ľ0,5 đ?‘›= 0,12 đ?‘› = 165 đ?‘œđ?‘&#x;đ?‘Žđ?‘›đ?‘” Jumlah sampel yang akan diambil adalah 165 orang.

3.8. INSTRUMEN PENELITIAN Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah kuisioner dibuat berdasarkan hasil dari jurnal-jurnal yang sudah ada sebelumnya. Ada 20 pertanyaan tertutup pada kuesioner, yang mencakup pengetahuan dan sikap, persepsi, faktor eksternal, dan perilaku terhadap stroke. Referensi kuesioner yang digunakan berdasarkan penelitian sebelumnya yang serupa yang dilakukan di Belanda.(18)

3.9. CARA PENGUMPULAN DATA Penelitian ini adalah penelitian multi-center sehingga data akan dikumpulkan oleh peneliti di masing-masing center. Pengumpulan data dilakukan dengan cara consecutive sampling di rumah sakit umum daerah. Sampel yang dipilih adalah sampel yang sesuai dengan kriteria inklusi dan kriteria ekslusi. Peneliti akan menjelaskan tentang latar belakang, tujuan, manfaat, dan prosedur penelitian, serta dilanjutkan dengan persetujuan setelah penjelasan. Setelah responden bersedia, maka dilakukan pengisian kuisioner penelitian oleh responden. Kuisioner tersebut akan dikumpulkan dan akan dilakukan pengecekan ulang oleh tim surveyor. Data yang dikumpulkan berupa data primer yang terdiri dari: data identitas pasien meliputi nama, usia, jenis kelamin; dan data kuisioner yang merupakan hasil inteview pasien.

3.10. RENCANA ANALISIS Penelitian ini adalah jenis penelitian analitik kasus-kontrol dengan menggunakan dua jenis analisis data. Analisis data yang pertama yaitu statistik deskriptif untuk menentukan presentase perbandingan jumlah pasien stroke iskemik yang datang berobat pada masa golden period penanganan stroke iskemik dengan yang datang setelah masa golden period penanganan stroke iskemik. Analisis data yang kedua yaitu untuk menentukan faktor dominan yang menghambat pasien datang untuk 26

Profile for AMSA-Unhas

ABDUCENS NRPC 2018  

ABDUCENS NRPC 2018  

Profile for amsaunhas
Advertisement