Page 36

me & my child

7 Didikan Wajib Orangtua Untuk Anak Laki-laki

B

Untuk mencegah hal ini, adalah k e w a j i b a n orangtua untuk mendidiknya agar menjadi seorang laki-laki sejati dan tidak menjadi pecundang. Berikut ajaran yang wajib diberikan orangtua kepada anak laki-laki sejak dini:

a g i orangtua , memiliki seorang anak m e r u p a ka n k e b a n g a a n tersendiri sekaligus tanggungjawab yang besar baginya. Karena anak merupakan titipan Tuhan yang harus dijaga, dirawat dan dibesarkan. Anak yang tumbuh dari didikan orangtua yang baik maka kelak akan tumbuh menjadi anak yang penuh tanggung jawab dan dapat menghargai satu sama lain. Disinilah perlunya peran orangtua untuk memberi nasihat dan pendidikan dasar bagi anak, terutama untuk anak laki-laki.

#1. Ajarkan anak laki-laki untuk menghormati dan menghargai wanita Belakangan ini kita melihat banyak laki-laki yang tidak menghormati dan menghargai wanita, baik itu pasangannya, istrinya bahkan ibunya sendiri. Banyak laki-laki yang tega memperkosa, melecehkan, dan membunuh wanita hanya karena hal-hal sepele. Seharusnya anak laki-laki bisa menjadi seorang pelindung kepada wanita. Sebab ketika dewasa, seorang lakilaki harus melindungi istri dan anak perempuannya.

Sudah sepatutnya orangtua yang memiliki anak laki-laki untuk mendidik sang anak agar kelak menjadi anak yang baik, taat pada Tuhan, agama, orangtua serta memiliki akhlak mulia. Jangan sampai seorang anak laki-laki menjadi anak yang tidak bertanggung jawab ketika dewasa, dan hanya mementingkan diri sendiri.

Bagaimana caranya? Hal termudah yang bisa dilakukan orangtua kepada anak laki-lakinya adalah ketika sedang mengalami masalah rumah tangga. Hindari pertengkaran di depan anak laki-laki. Apalagi bagi seorang ayah, jangan pernah memperlihatkan kemarahan apalagi sampai memukul istri di depan anak laki-laki. Sebab hal ini akan membuat anak laki-laki tidak akan memperlakukan perempuan dengan baik.

Kedua orangtua, baik ayah dan ibu wajib memberikan nasihat dan didikan penting kepada anak laki-laki agar anak tersebut bisa tumbuh dewasa menjadi pribadi yang mandiri, berbudi pekerti yang baik, bertanggung jawab dan bisa menjadi pemimpin bagi keluarganya kelak. Seperti saat ini, banyak orang tua yang seperti menyerah dalam mendidik anak lakilaki mereka, sebab mereka menganggap anak laki-laki tersebut sudah memiliki sifat dan karakter yang tak bisa berubah. AmerIndo

#2. Ajarkan anak laki-laki untuk bertanggungjawab Bagi Anda orangtua sangat perlu untuk mengajarkan anak lakilaki Anda akan pentingnya sebuah tanggungjawab. Anda bisa 36

Profile for Amerindo

Desember 2016 Issue #17  

Amerindo

Desember 2016 Issue #17  

Amerindo

Profile for amerindo
Advertisement