Issuu on Google+

ALSA NEWS Volume 1, Issue 3

Mei 2012

DAFTAR ISI

Greetings from the Team

1

Daftar Isi

Salam ALSA,

1

Greetings from the team

2

MCC ALSA 2012

5

ALSA CARE & SHARE 2011

7

ALSA International Conference 2012

10

Wanted: Intern Student

12

Interview with Aryo: The Next International Board

14

Interview with Edwin Anggadinata, S.H.

Puji syukur kehadirat Tuhan YME, ALSA News bisa hadir dan dinikmati oleh anggota ALSA. Terbitnya edisi ketiga ini tidak lepas dari peran serta rekan-rekan ALSA LC UNPAD yang membantu kami, yaitu Kak Edwin Anggadinata, Ario Putra (2010), dan rekan-rekan lainnya. Tema edisi kedua adalah Experience. Kami memilih tema ini karena pengalaman itu menjadi sebuah tujuan dan akibat dari mimpi, kenapa? Karena pengalaman melahirkan perubahan.

16

Seminar Nasional ALSA 2012

17

Gathering ALSA Lc UNPAD 2011

19

English Corner: What Model UN is to me

20

Opini: Cerita Kita, Inspirasi untuk Indonesia

21

ALSA English Challenge 2012

Selamat membaca edisi ketiga kami. Bila ada kritik dan saran dapat disampaikan kepada kami. Kami sangat terbuka untuk saran demi kemajuan dan perubahan newsletter ke arah yang lebih baik.

Salam Hangat,

Newsletter Team

ALSA LOCAL CHAPTER UNIVERSITAS PADJADJARAN Website Twitter Facebook Mail Address

ALSA NEWS 1

: : : :

www.alsalcunpad.org @alsalcunpad ALSA LC Unpad Jalan Dipati Ukur No.35 Bandung, Jawa Barat


ALSA UPDATE MCC ALSA 2012 Setelah perjuangan seluruh delegasi dari tiap-tiap Local Chapter ALSA INDONESIA dalam menjalani latihan selama kurang lebih 3 (tiga) bulan, akhirnya saatnya tiba untuk menjajal kemampuan masing-masing delegasi dan menunjukan kemampuan terbaiknya di NMCC ALSA 2012 pada tanggal 3 Februari 2012 hingga tanggal 6 Februari 2012. Acara Nasional berbentuk kompetisi peradilan semu di Universitas Hasanudin Makassar yang diikuti oleh 12 local chapter ALSA INDONESIA dan 3 Unversitas lainnya ini berlangsung sangat meriah. Pada tanggal 3 Februari 2012, dimulai dengan welcoming party yang disajikan Universitas Hasanudin dengan sangat meriah. Berbagai UKM-UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) seni seperti paduan suara dan taritarian ditampilkan untuk 15 Universitas Lainnya, selain itu pembukaan acara juga dimeriahkan dengan pidato dari dekan Universitas Hassanudin, Gubernur Makassar, President National Board, Director ALSA LC UNHAS serta Project Officer NMCC ALSA 2012. Pada akhirnya acara welcoming day ditutup dengan menunjukan Piala bergilir Mahkamah Agung kepada para delegasi yang mengikuti kompetisi ini , Piala bergilir tersebut dibawa dan ditunjukkan oleh delegasi- delegasi NMCC ALSA 2011 Universitas Hassanudin dimana pada tahun lalu mereka berhasi menjuarai NMCC ALSA 2011.

Hari itu tiba! Pada tanggal 4 Februari 2012, seluruh delegasi memulai sidang penyisihan (kasus

perbankan) setelah hari sebelumnya seluruh ketua delegasi dari tiap-tiap unviersitas mengikuti Technical Meeting untuk menentukan komposisi tim di tiap chamber. Keempat Chamber tersebut adalah sebagai berikut : Chamber I Universitas Gajah Mada

Universitas Brawijaya

Chamber II

Chamber III

Universitas Muslim

Universitas

Indonesia

Airlangga

Universitas Islam Negeri

Universitas Surabaya

ALSA NEWS 2

Chamber III Universitas Padjadjaran

Universitas Indonesia


Makassar Universitas Negeri

Universitas Syiah Kuala

Universitas Diponegoro

Jenderal Soedirman Universitas Mulawarman

-

Universitas Padjadjaran sendiri pada kompetisi ini berada dalam “Chamber Maut� bersama langganan juara lainnya yakni Universitas Indonesia dan Universitas Diponegoro. Setelah sidang penyisihan itu dimulai berdasarkan chamber-chamber yang telah ditentukan, kemudian para ketua delegasi kembali lagi mengikuti Technical Meeting untuk mengetahui siapa saja yang lolos dari tiap Chamber untuk mengikuti sidang final. Akhirnya terpilihlah 4 (empat) Universitas untuk mewakili tiap chamber yakni Universitas Gajah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Muslim Indonesia dan Universitas Padjadjaran. Kemudian keesokan harinya sidang Final yang bertemakan kasus malapraktek dimulai, pada sidang ini, komposisi yang dinilai berbeda dengan sidang Penyisihan dimana pada sidang penyisihan memiliki 2 (dua) nilai yaitu penilaian berkas dan sidang, sedangkan pada sidang final ini seluruh penilaian dinilai dari persidangan yang ditampilkan, maka dari itu keempat universitas ini menunjukan seluruh kreativitasnya untuk membuat para juri tertarik. Sidang Final tersebut berlangsung dari jam 08.00 hingga kurang lebih 14.00. Sore harinya seluruh delegasinya berkumpul dalam satu ruangan untuk penutupan acara. Penutupan acara tidak kalah menarik dibandingkan pembukaan acara. Ada penampilan dari berbagai UKM sebelum diinformasikan kepada seluruh delegasi mengenai siapa yang menjuarai kompetisi ini, dan akhirnya terpilihlah universitasuniversitas yang akan masuk menjadi sejarah NMCC ALSA 2012 yakni :

JUARA 1 : Universitas Gajah Mada JUARA 2 : Universitas Airlangga JUARA 3 : Universitas Padjadjaran Dalam kompetisi ini Universitas Gajah Mada terpilih sebagai Universitas terbaik dalam kompetisi peradilan semu ini dimana mereka meraih piala juara 1 dan mendapat Piala bergilir Mahkamah Agung yang pada 2 (dua) tahun lalu sempat diraih oleh Universitas Padjadjaran. Meskipun meraih juara 3, Universitas Padjadjaran mendapatkan beberapa penghargaan

khusus dalam kompetisi ini yakni peran Panitera Terbaik, Majelis Hakim Terbaik, Penuntut Umum Terbaik, Penasihat Terbaik dan Berkas Terbaik. Dalam hal ini berkas terbaik masih dipegang oleh Universitas Padjadjaran setelah pada tahun tahun sebelumnya Universitas Padjadjaran selalu meraih penghargaan ini. Sampai pada akhirnya tanggal 6 Februari 2012 acara secara resmi hendak ditutup dengan mengunjungi atau mungkin lebih tepatnya bermain di Trans Studio Makassar. Seluruh delegasi diantarkan kesana untuk bermain bersama dari pagi sekitar jam 10.00 hingga sekitar jam 17.00. Baru kemudian setelah bermain disana, ada universitas yang langsung kembali ke tempat kediamannya masing-masing dan ada juga yang masih mendiami kota daeng tersebut.

ALSA NEWS 3


GALERI MCC ALSA MAKASSAR 2012

ALSA NEWS 4


ALSA UPDATE ALSA CARE & SHARE 2011 ALSA Care Share 2011 berlangsung di gedung wanita. Acara ini terdiri dari dua sesi talkshow yaitu dari Komnasham dan Acil Bimbo dan juga perwakilan anak jalanan. Di sesi pertama ini, acara ini lebih banyak berbicara tentang hak-hak anak jalanan. Sesi ini juga membuka pertanyaan perrtanyaan untuk para anak jalanan bebas menanyakan tentang masalah kehidupan, juga sharing tentang kehidupan mereka. Perwakilan anak jalanan juga membagi pengalaman mereka oleh Kang Uwi. Setelah itu, untuk sesi kedua diisi oleh Beben Jazz dan Baron Soulmate. Acara ini mengajarkan anak jalanan tentang musik, seperti bagaimana cara bermusik yang baik dan pengalaman-pengalaman mereka di bidang musik. Mereka juga menampilkan performance mereka, juga kolaborasi antara Beben Jazz dan Baron Soulmate. Acara dilanjutkan dengan makan siang bersama. Setelah itu dilanjutkan dengan pembagian kenangkenangan untuk anak jalanan berupa kaos dan sejumlah uang. Respon yang di dapatkan juga dari anak jalanan sangat bagus mereka sangat antusias. Secara keseluruhan acara ALSA Care & Share 2011 berjalan dengan sangat baik, sehingga ALSA Care & Share 2011 yang di ketuai oleh Ryan menjadi Best ALSA Care & Share 2011.

ALSA NEWS 5


ALSA NEWS 6


ALSA UPDATE

ALSA INTERNATIONAL CONFERENCE 2012 ALSA International Conference (yang selanjutnya disebut AIC) adalah kegiatan berskala internasional kedua terbesar setelah Asian Forum dari ALSA International yang diadakan setiap tahun. Di dalam forum inilah mahasiswa hukum dari setiap negara anggota ALSA, ratusan anggota, berkumpul untuk berdiskusi, menghadiri symposium, berkompetisi dalam moot court, mengujungi lembaga-lembaga hokum setempat dan melakukan kegiatan lainnya secara lebih luas dan beragam, untuk menyaksikan dan menjadi bagian dari perkembangan organisasi ALSA, dan yang paling penting, untuk memperluasan hubungan pertemanan dan koneksi antar anggota serta berbagi kebudayaan dari setiap negara anggota ALSA, untuk kemajuan diri dan ALSA sendiri. Tahun ini, dengan tema “Evolving Asian Towards Sustainability�, ALSA International Conference 2012 diadakan di Kuala Lumpur, Genting dan Malaka, di Malaysia, dari tanggal 10 sampai 17 Februari 2012, dengan dihadiri oleh delegasi-delegasi dari China, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Singapura, Korea, Thailand, Vietnam, Taiwan, Laos dan tuan rumah Malaysia. Delegasi dari Universitas Padjadjaran adalah Elvira Lestari (2008), Tsara Izzati (2009), Darel Joshua (2009), Bagus Ruswendi (2010), dan Frascilia Larasinta (2010).

ALSA juga mengadakan kompetisi, yaitu International Moot Court Competition dengan ITLOS sebagai forum penyelesaian sengketanya. ALSA Indonesia mengirimkan dua wakil, yaitu ALSA LC UI dan ALSA LC UGM. Kedua wakil ini bertanding dengan wakil-wakil dari Negara anggota ALSA lain untuk merebutkan juara. Acara

ALSA NEWS 7


dibagi ke dalam beberapa bagian. Bagi National Board, ada forum yang dinamakan Governing Meeting. Forum ini untuk membahas agenda-agenda ALSA Internasional dan kesiapan ALSA Nasional setiap Negara yang menjadi tuan rumah. Kemudian, bagi peserta konferensi telah disediakan bermacam-macam konferensi yang berbobot dan menarik. Pada hari pertama, ada seminar Legal Bussiness & Practices in Asia dari Dato’ Azmi Mohd Ali (Azmi & Associates, Advocates & Solicitors), Professional Negligence : What Lawyers Should Watch Out For? dari Mr. G. K. Ganesan (Saiful Rokiah, Advocates & Solicitors), dan terakhir seminar dengan judul Empowering Future Leaders : Contribution, Realization & Actualization. Setelah selesai dengan sesi pertama dari seminar, para delegasi melanjutkan kegiatan dengan sesi pertama dan kedua dari Model United Nation. Dalam AIC 2012, kegiatan MUN juga baru dilaksanakan pertama kali, dalam kegiatan ini para peserta berperan sebagai perwakilan dari sebuah negara untuk berdiskusi dalam forum formal sebagaimana dilakukan di PBB. Dalam AIC terdapat 3 komisi yang diisi oleh peserta, Human Rights Council, Security Council & Development Program Council. Pada hari berikutnya diadakan symposium dengan pembicara By Dr. Bahma Sivasubramaniam, senior lecturer from Multimedia University. Kemudian kegiatan MUN bagian terakhir dijalankan, dalam sesi ini tiap council akan merancang draft resolusi mengenai isu-isu yang telah dibahasa terlebih dahulu dalam sesi sebelumnya. Kegiatan lalu dilanjutkan dengan seminar sesi ketiga dengan judul Intellectual Property : Legal protection of Personal information Acquired by Internet and Software Companies dengan pembicara Mr. Wong Sai Fong dari Shearn Delamore & Co serta perwakilan dari MyIPO. Kegiatan hari ini ditutu[ dengan workshop ADR oleh Kuala Lumpur Regional Centre for Arbitration dan Beyond Boundaries : International Legal Research oleh Lexis Nexis (M) Sdn. Bhd. Hari keempat diawali dengan kembalinya seluruh delegasi ke ISM untuk menyaksikan babak final ALSA International Moot Court Competition yang kebetulan adalah pertandingan antara kedua perwakilan dari Indonesia. Babak final berlangsung dengan sangat baik dengan setiap perwakilan tim berhasil menyampaikan argument dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari dewan juri. Kompetisi akhirnya dimenangkan oleh ALSA LC Universitas Indonesia, NC Indonesia. Seluruh delegasi kemudian meninggalkan ISM untuk melakukan

ALSA NEWS 8


kegiatan Academic Visit ke Palace of Justice, Attorney General’s Chambers, Masjid Besi, Masjid Putra & Seri Perdana yang keseluruhannya berada di daerah Putrajaya. Selesai dengan rangkaian Academic Visit, seluruh delegasi diberikan waktu bebas untuk berganti pakaian dan makan malam sebelum selanjutnya menuju Dewan Permata Pintar di Universiti Kebangsaan Malaysia (National university of Malaysia) untuk melaksanakan kegiatan ALSA Games. Pada hari kelima ini para delegasi mendapat kesempatan untuk mengunjungi Parliament of Malaysia dan Dataran Merdeka. Pada siang hari delegasi dipersilahkan untuk melakukan aktifitas di KLCC dan Petronas Twin Tower baru selanjutnya kembali ke hotel untuk persiapan menuju Cultural Night. Cultural Night adalah salah satu dari kegiatan non-academic di AIC dimana setaip negara akan menampilkan penampilan khas negara masing-masing, tema dari Cultural Night dalam AIC 2012 ini adalah “International Love” dikarenakan bertepatan dengan Valentine’s Day yang dirayakan oleh seluruh delegasi dengan luar biasa. Hari ini seluruh delegasi berkemas dan meninggalkan Berjaya Tmes Square menuju Malaka. Menjelang hari terakhir ini diisi dengan perjalanan menjelajahi daratan Malaka serta pada malam hari diadakan Farewell Dinner. Kegiatan makan malam dihadiri juga oleh Chief Minister of Melacca, Y.A.B. Datuk Seri Mohd Ali Bin Rustam. Dalam closing dinner ini, setiap negara juga menampilkan persembahan terakhirnya bagi seluruh delegasi lainnya. Para OC, IB dan demisioner IB serta semua delegasi memiliki momennya masing-masing, kebersamaan, haru, tawa tanpa akhir, menjadikan malam terakhir dalam kegiatan AIC ini menjadi satu dari sekian banyak malam terbaik untuk diingat. Hari terakhir dari seluruh rangkaian kegiatan “AIC 2012 in Malaysia”. Pagi hari seluruh delegasi sudah berkumpul dengan barang-barang pribadinya di lobby, bertukar cinderamata, kartu nama, dan sebagainya. Semua delegasi kemudian pergi menuju tujuan masing-masing, baik extend stay maupun langsung pulang menuju negaranya masing-masing. AIC 2012 adalah sebuah lompatan yang besar bagi ALSA Internasional dengan hadirnya negara-negara observer, kegiatan-kegiatan akademik yang baru, dan antusiasme anggota yang luar biasa. AIC adalah momen yang telah merubah hidup semua delegasi, satu yang perlu diyakini. Sebuah keluarga baru, pengalamanpengalaman baru, dan terlebih hidup yang lebih baik.

ALSA NEWS 9


SEKILAS INFO

WANTED: INTERN STUDENT Sebentar lagi, semester genap akan berakhir dan kita akan memasuki liburan semester. Liburan semester ini biasanya diisi dengan kegiatan berbeda-beda, ada yang menjali Semester Alih Tahun ada juga yang mengisi dengan liburan bersama keluarga. Liburan ini juga akan kita isi dengan kegiatan di bulan Ramadhan bagi yang beragama Islam. Selain itu, ada juga kegiatan KKNM (Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa) yang diadakan selama sebulan di desa-desa di Jawa Barat yang telah ditentukan oleh Univesitas Padjadjaran. Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk liburan adalah magang (internsip). Magang bukanlah program wajib yang dijalani oleh mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, tetapi apa salahnya mencoba magang dan merasakan dunia kerja sebelum kita terjun kesana. Ada beberapa pilihan magang yang bisa kita berikan ke teman-teman bila tertarik 1. United Nations Information Centre in Jakarta www.unic-jakarta.org/internship%20programme.html 2. British Petroleum, Jakarta www.bp.com/sectiongenericarticle.do?categoryId=9032567&contentId=7059687 3. Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia

Secara umum syarat mengajukan lamaran program magang di Kemlu adalah sebagai berikut: a. Surat lamaran program magang yang ditujukan kepada pimpinan eselon II yang terkait berupa maksud dan tujuan magang. b. Curriculum Vitae (CV) c. Transkrip nilai resmi d. Surat Keterangan dari pihak kampus. e. Diutamakan mempunyai kemampuan berbahasa Inggris. f. Minimal kuliah semester ke-5 Penerimaan magang di Kementrian Luar Negeri adalah tergantung kebutuhan dari tiap departemen. Biasanya, Fakultas Hukum akan ditempatkan di Departemen Hukum dan Perjanjian Internasional. Lama magang disesuaikan dengan keinginan kita. 4. Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia Secara umum persyaratan magang di Mahkamah Konstitusi adalah a. Transkrip nilai resmi b. Surat Keterangan dari pihak kampus c. CV (disarankan)

ALSA NEWS 10


Penerimaan magang di Mahkamah Konstitusi juga disesuaikan dengan kebutuhan dari instansi tersebut. Sebaiknya teman-teman yang berminat menghubungi pihak Mahkamah Konstitusi sebelum melamar kesana. 5. Bank Indonesia, Jakarta dan Bandung Persyaratan magang di Bank Indonesia baik di Jakarta dan Bandung adalah a. Surat Keterangan dari Kampus b. Transkrip Nilai c. CV Penerimaan magang di Bank Indonesia juga dilihat kebutuhan dari instansi tersebut. Ada beberapa syarat lain untuk melamar Bank Indonesia Pusat di Jakarta, yaitu keterangan adanya kerabat yang bekerja di Bank Indonesia. Keterangan ini untuk jaminan teman-teman selama magang di Bank Indonesia. Bila teman-teman berminat magang di Bank Indonesia, info lebih lanjut bisa menghubungi langsung ke Bank Indonesia. 6. Komisi Pengawas Persaingan Usaha Persyaratan magang di KPPU adalah a. Surat Keterangan dari Kampus b. Surat Permohonan Magang c. Transkrip Nilai d. Cv (disarankan) Sebagian besar program magang menerima mahasiswa yang telah berada di tingkat dua ke atas (minimal semester 4). Sehingga, untuk teman-teman yang berminat bisa menanyakan apakah teman-teman dapat diterima untuk magang. Ada juga beberapa instansi yang mengizinkan magang untuk tugas akhir/skripsi. Selain tempat-tempat yang dicantumkan diatas, ada beberapa tempat lain dimana teman-teman bisa melamar untuk magang. Namun, keterangan tersebut bisa teman-teman dapatkan ditempat yang bersangkutan dengan menanyakan melalui telepon atau datang langsung kesana. Kampus juga menyediakan beberapa program kerjasama termasuk magang yang bisa dilihat di papan pengumuman dekat ruang Pembantu Dekan atau melihat website fh.unpad.ac.id.

ALSA NEWS 11


ALSA INTERVIEW

INTERVIEW WITH ARYO: THE NEXT INTERNATIONAL BOARD Pada edisi kali ini, disajikan beberapa

tetapi

untuk

mendapatkan

manfaat-manfaat

wawancara dengan kawan-kawan bahkan senior

tersebut kita harus bisa berkontribusi terhadap

kita yang memiliki peran penting di ALSA. Salah

ALSA itu sendiri dan disini saya melihat kontribusi

satunya adalah Ario Putra Pamungkas, yang akrba

yang

disapa Ario. Ario tengah mencalonkan diri menjadi

internasional.

bagian dari ALSA International Board. Jabatan yang

Apa saja sih, kesiapan anda untuk maju ke

Ario persiapkan untuk pencalonan diri adalah

International Board ?

Secretary General yang sekarang tengah diduduki

Kesiapannya, pertama pasti kesiapan mental.

teman kita dari ALSA Jepang, yaitu Yo Iimura. Ario

Kesiapan mental ini didukung oleh support-support

adalah salah satu teman kita di ALSA angkatan

keluarga, teman-teman, LC yang mana dukungan

2010. Ario telah mengikuti berbagai macam acara

tersebut akan membantu menguatkan mental dan

ALSA baik lokal, nasional, maupun internasional.

tekat saya. Selain mental pasti juga secara materil.

Acara yang diikuti Ario antara lain STDC Bali, ALSA

Disini saya harus siap menyiapkan program-

Forum Jepang, ALSA POWB Malang, dan masih

program kerja yang pastinya tidak kalah inovatif

banyak lagi. Berikut bincang-bincang salah satu

yang sudah ada dan punya orang lain. Saya juga

reporter ALSA NEWS, yaitu Aktria dengan Ario.

harus menggali diri sehingga saya bisa menemukan

bisa

saya

berikan

terletak

di

ALSA

apa yang tidak dimiliki orang lain dan bisa saya Apa yang melandasi

miliki, sehingga saya bisa memiliki nilai lebih dari

kamu untuk maju ke

orang lain.

International Board ?

Hal apa yang menjadikan kamu lebih baik dari

Sejujurnya, dulu saya

kandidat lainnya ?

tidak

tertarik

sama

Menurut saya hal yang paling penting disini adalah

sekali

dengan

ALSA

“loyalitas” dan “passion” dimana saya menilai

kecuali dengan jalan-

bahwa saya memiliki loyalitas yang sangat tinggi

jalan nya tetapi setelah

terhadap ALSA itu sendiri. Karena, dengan modal

ikut acara ALSA semua

loyalitas saja paling tidak kita bisa survive

pikiran saya berubah

walaupun kita menemukan masalah-masalah yang

disini saya melihat bahwa ALSA bisa memberikan

baru bagi kita dan loyalitas sendiri lah yang pada

sesuatu yang lebih ke individu kita masing-masing

akhirnya akan menolong kita pada saat kita

ALSA NEWS 12


kehilangan arah. Kedua, Passion. Menurut saya jika

kepala seseorang saja, disini yang saya maksud

seseorang ingin bekerja maksimal dalam sesuatu

dalam kepala adalah inovasi-inovasi dan ide-ide

dia harus memiliki passion yang sangat tinggi

cemerlang orang tersebut, Karena disini menurut

terhadap hal tersebut dan disini saya merasakan

saya seorang pemimpin adalah seseorang yang

passion yang sangat tinggi tersebut terhadap ALSA

diluarnya pun bisa dicontoh orang lain, atau dengan

sehingga hal itu bisa membantu saya untu bekerja

kata lain seorang pemimpin itu harus memiliki

secara maksimal dan dengan passion itu juga saya

inner beauty dan alter beauty sehingga orang-orang

bisa

baru

tidak akan meragukan kepemimpinan tersebut.

terhadap ALSA. Baik itu secara administrasi

Yang dimana, hal itu bisa dia tunjukan atau

maupun akademik.

buktikan dengan perealisasian inovasi-inovasi yang

Harapan anda kedepannya apa untuk ALSA ?

dimiliki dengan cara yang bisa diterima oleh orang

Harapan, tentunya saya berharap ALSA yang lebih

banyak. Pada saat itulah seorang pemimpin bisa

baik dimana hal itu bisa didukung dengan

membuktikan

kontribusi teman-teman yang lain terhadap ALSA

sebagai pemimpin. Diluar hal tersebut yang

baik itu lokal, nasional maupun internasional.

kasarnya adalah tampilan luar seorang pemimpin

Karena saya sangat berharap akan ada calon-calon

juga harus bisa mengatur dan memimpin orang-

ditahun selanjutnya yang bisa mewakili ALSA LC

orang yang ada dibelakangnya yang hal itu

Unpad di muka nasional dan internasional.

didukung oleh sifat tanggung jawab oleh karena itu

Menurut anda, makna kepemimpinan itu apa

seorang pemimpin harus memilik tanggung jawab

sih ?

yang lebih dari orang-orang di belakangnya. Pada

Menurut saya pemimpin tidak hanya yang ada di

saat kedua hal itu terpenuhi maka menurut saya

mengembangkan

inovasi-inovasi

bahwa

dirinya

pantas

disebut

seseorang bisa dikatakan pemimpin yang hebat.

ALSA NEWS 13


ALSA INTERVIEW

INTERVIEW WITH EDWIN ANGGADINATA, S.H. Wawancara selanjutnya dilakukan ALSA

ALSA bikin gw terpukau dengan adanya kegiatan-

NEWS dengan Kak Edwin Anggadinata, S.H., mantan

kegiatan internasional.

direktur ALSA Lc UNPAD periode 2009-2010. Kak

Acara ALSA apa yang paling berkesan buat

Edwin Anggadinata bekerja di PT. Bumi Resources,

kakak?

salah satu anak perusahaan dari Bakrie Group.

Acara yang paling berkesan adalah MCC ALSA di

Selain aktif di ALSA, Kak Edwin juga aktif dalam

Palembang tahun 2010

kegiatan

kompetisi

peradilan

semu

dengan

mengikuti International Maritime Law Arbitration Moot yang diadakan di Australia. Pada saat Kak Edwin menjadi delegasi UNPAD berhasil masuk ke babak Semifinal mengalahkan peserta dari Negara lain. Pada masa kepemimpinan kak Edwin juga, ALSA LC Unpad memenangkan MCC ALSA sebagai Juara I. Bila mengenal sosok Kak Edwin, dia adalah orang yang ramah dan murah senyum. Langsung Kenapa?

saja kita simak wawancara dengan Kak Edwin.

Karena gw ngerasain perjuangan anak-anak MCC Hai Kak Edwin

selama latihan. Pada akhirnya mereka bisa jadi

Hai

juara.

Kak mau nanya nih

Apa sih makna ALSA buat kakak?

seputar

ALSA is part of my family

ALSA.

kakak

Pertama,

ceritain pertama

dan

gimana kali

kakak

Apa sifat kepemimpinan yang menonjol dari diri kakak? Waduh narsis nih jatohnya, diganti pertanyaan lain

gabung di ALSA ?

aja ya

Okeh. Gw tau ALSA pas

Apa yang menjadi alasan kakak maju jadi

ikut ALSA recruitment day di MAPAK (Masa

director ALSA?

Adaptasi dan Perkenalan Kampus). Presentasi dari

ALSA NEWS 14


Gw pengen berdedikasi dan memberikan sesuatu

Demikian wawancara tim ALSA NEWS

sesuai kemampuan gw buat ALSA. Gw juga pengen

dengan Kak Edwin Anggadinata, S.H. selaku

tetap mempertahankan suasana kekeluargaan yang

direktur

udah di tanamkan dari alumni-alumni sebelumnya.

wawancara ini, kita melihat bahwa apa yang

Apa hal yang berharga dalam hidup kakak yang

menyatukan kak Edwin dan ALSA adalah rasa

kakak dapat dari ALSA?

kekuargaan yang mnejadi ciri khas ALSA LC

Networking. Gw bisa dekat dengan alumni-alumni

UNPAD. Kekeluargaan ini kita wujudkan dengan

yang udah punya pengalaman di dunia lawyering,

tidak membedakan angkatan dalam pergaulan dan

sebagai modal nanti ketika lulus kuliah. Dan hal

senantiasa terbuka untuk pertanyaan dan keluhan.

yang lebih berharga lagi, gw punya keluarga baru.

Semoga setelah teman-teman membaca artikel ini

Kalo

diri

teman-teman ingin semakin menumbukan jiwa

terutama jiwa kepemimpinan, ada saran-saran

kepemimpinan dalam diri teman-teman dan tetap

ga kak?

mempertahankan rasa kekeluargaan di ALSA.

Untuk

mau

mengembangkan

mengembangkan

potensi

potensi

jiwa

kepemimpinan, pertama kita harus fokus sama organisasi yang sedang dijalankan. Selain itu, kita juga harus aktif. Aktif disini berarti maksudnya bukan “talk more, do less” tapi “talk more, do more and more” atau bisa dibilang “say it, prove it”. Yang paling penting lagi, sebagai jiwa pemimpin harus low profile dan bisa menerima pendapat orang lain. Makasih Kak Edwin Good Luck yaa

ALSA NEWS 15

ALSA

Lc

Unpad

2009-2010.

Dari


ALSA UPDATE SEMINAR DAN MUSYAWARAH NASIONAL ALSA XIX ALSA National Chapter Republik Indonesia pada tahun 2012 kembali mengadakan acara tahunannya yaitu musyawarah nasional ALSA NCRI. Acara ini kembali diselenggarakan pada tahun ini di Yogyakarta dengan tuan rumah yaitu Local Chapter Universitas Gajah Mada. Acara ini diadakan dari tanggal 12 Maret 2012 sampai dengan 15 Maret 2012. Dalam Musyawarah Nasional ALSA NCRI kali ini diisi oleh sidang pleno dan sidang komisi yang berisi pembacaan laporan pertanggung jawaban dari kepengurusan national board 2011-2012 dibawah kepemimpinan Marializa Abdullah Sadig, presentasi calon international board dari ALSA NCRI, presentasi masuknya Universitas Udayana sebagai Local Chapter di ALSA NCRI, pengambilan tender munas ALSA NCRI 2013 dan tentunya pemilihan presiden ALSA NCRI periode 2012-2013 dan serah terima jabatan dari presiden NB periode 2011-2012 kepada presiden NB yang baru periode 2012-2013. Pada SEMUNAS kali ini, Universitas Padjadjaran memenangkan Best ALSA Care & Share pada SEMUNAS Ke-XIX. Suatu prestasi yang membanggakan bagi adik-adik 2011 yang baru memulai kegiatannya di ALSA.

Dalam pemilihan presiden NB periode 2012-2013 terdapat 3 calon yang mengajukan diri menjadi presiden NB yaitu Mikel Kevin Simatauw dari LC Unhas, Andira Budiutami dari LC Undip dan M. Tajhok Meugat Indra dari LC Unsyiah pada akhirnya, melalui pemilihan suara dari seluruh local chapter yang hadir pada munas kali ini terpilihlah Mikel Kevin Simatauw dari Local Chapter Universitas Hasanuddin sebagai presiden ALSA NCRI periode 2012-2013. Setelah penutupan Munas ALSA NCRI 2012, seluruh peserta munas kembali ke kotanya masing-masing. Munas ALSA NCRI selanjutnya akan diadakan oleh Local Chapter Universitas Indonesia di Jakarta tahun depan. ALSA NEWS 16


ALSA UPDATE GATHERING ALSA 2011 Gathering ALSA diadakan pada 26-27 November 2011 dengan tema “Gather Together, ALSA Forever�. Gathering ini berlangsung di Vila Husein. Gathering ini merupakan acara bagi seluruh angkatan di ALSA LC Unpad. Gathering ini bertujuan untuk mendekatkan diri para anggota ALSA yang terdiri dari angkatan yang berbeda dan bertukar pikiran. Gathering ini juga diselingi dengan diskusi ringan diantara peserta. Gathering yang berlangsung 2 hari, satu malam ini berlangsung meriah dan menyenangkan. Peserta gathering akan berkumpul di kampus untuk berangkat bersama panitia ke vila. Pada siang hari, para peserta berangkat ke lokasi gathering. Sampai disana, para peserta beristirahat sejenak sambil menikmati sejuknya udara di sekitar rumah. Pada sore hari, para peserta gathering menikmati permainan-permainan yang disediakan panita untuk mengisi waktu luang hingga waktu makan malam. Ada penampilan khusus dari Rai Trisna Permana yang menunjukkan kebolehannya bermain gitar.

Pada malam hari, para peserta membuat kreasi BBQ mereka masing-masing. BBQ ini dimasak bersamasama dan kemudian dinikmati bersama-sama. Acara dilanjutkan dengan mengobrol santai hingga malam tiba. Keesokan harinya para peserta berkumpul untuk berfoto bersama dan olahraga. Acara pagi diakhiri dengan pelemparan cat ketubuh Project Officer acara ini dan peserta lain yang ‘kurang beruntung’. Pada siang hari, seluruh peserta kembali ke kampus. Gathering ini sangat menyenangkan. Tetapi tidak semua anggota ALSA dapat hadir diacara ini, sesuatu yang amat disayangkan. Semoga acara gathering seperti ini dapat diadakan lagi di tahun mendatang dengan peserta yang lebih ramai dari tahun ini. ALSA NEWS 17


ALSA NEWS 18


ENGLISH CORNER

WHAT MODEL UN IS TO ME By: Soraida (George Washington High School)

The sole purpose of adventure and opportunity is what I feel model United Nations brings into my life. It is a world and simulation, of how to resolve the many global problems, which take place in this world, with peace and dignity. It is an aspect of my life which has helped me become much more responsible, and well rounded as a person. I no longer see the world as the things that surround me, but a vast sea of possibilities and opportunities. All we have to do as people is give that same perception, that anything is possible, to others in the world who are not as fortunate as I and many others have been. I bring with me, into every conference that I attend, is the ability to learn and educate others on the many different perspectives, on which an issue entails. I have with me a great passion for solving global issues, and approach every issue with great respect and determination, for I truly hope that one day the world and the people within it learn to co-exist, in peace. For man are his own maker and destroyer. For nature is our creature and man is our destroyer, without people trying to resolve the immensity of quandaries in the world, we cannot evolve as human beings. We simply are life at a stalemate, where things only remain the same because people are too afraid of change. But the truth is our world truly needs a dramatic change, so that we may all live within peaceful and prosperous nations. The Model United Nations teaches great team and life building experiences. It is time where I will be discussing very serious predicaments in the world, and in retrospect not act as a child but as a young adult. I have the ability to grow and learn about many other pieces, of this world that we live in. It is a building block to prepare me for the college life, and set me on the path to achieving whatever problem comes before me. I will honestly learn how to look at things from an analytical sense, and find the many possibilities that it has, not just looking at the surface of things. For it took people centuries to realize, what you see is not always what you get! Once you have the opportunity to unravel and really dig into the issues in which we face in this world, the very ideas consumes your very being. Those experiences are the very thing in which you are granting to me and my class mates. The ability to present our very ideals, and opinions of what to do concerning the actuality of what these nation might do. Model United Nations is an experience that not everyone gets to experience but once you do, it changes your true perspective of things. I believe that I could represent my school and the whole model United Nations cooperation, with great dignity and pride. It would be my pleasure to tackle world issues with people just as passionate and driven to find a solution, not just people from the state of New York but many other places as well. The world is too big to spend life within the constraints of one place. Taken from: munreflection.blogspot.com

ALSA NEWS 19


OPINI

CERITA KITA, INSPIRASI UNTUK INDONESIA By : Imam Usman (Founder of Indonesian Future Leaders)

“Tahukah kita bahwa ada pelajar Indonesia yang meraih Lee Kuan Yew Gold Medal (penghargaan tertinggi untuk mahasiswa di Nanyang Technology University Singapura – salah satu universitas terbaik di dunia? Tahukah kita bahwa ada seorang Ibu yang hanya lulusan SD, namun memiliki dedikasi yang tinggi pada dunia baca di Indonesia. Menabung selama tiga tahun, hanya untuk membeli sebuah sepeda, yang kemudian digunakannya untuk membawa buku-buku supaya bisa dibaca anak-anak dari kampung ke kampung? Mereka ada di sekitar kita. Mungkin sebagian tahu, atau sebagian tidak. Tidak salah jika anda tidak tahu, karena mungkin tidak ada yang menyampaikannya. Saya memang tidak mempelajari secara formal mengenai media ataupun dunia komunikasi, tapi bisa dibilang saya senang memperhatikan, memanfaatkan, dan tentu saja mengkonsumsinya. Sebagai konsumen (setidaknya), saya makin prihatin melihat apa yang disajikan oleh media saat ini. Ketika menghidupkan televisi misalnya, yang didengar hanyalah berita soal korupsi, kriminalitas, kekerasan, berita tentang kehidupan pribadi orang lain, atau sejenisnya. Di sisi lain, hampir setiap hari saya bertemu dengan orang-orang luar biasa, unreasonable people. Teman-teman di kampus yang punya tips kreatif, pengalaman masa lalu yang menggugah hati, yang seharusnya bisa didengar oleh banyak orang. Teman-teman yang ada di kampus, yang dianggap oleh orang terbatas, namun ternyata bisa mewujudkan mimpinya yak tak berbatas. Saya ingin bukan hanya saya yang tahu tentang mereka (kisah mereka), tapi lebih banyak orang lagi. Saya percaya bahwa inspirasi bisa datang dari mana saja. Saya bisa menginspirasi, anda juga bisa. Anda tidak perlu menunggu menjadi seperti Oprah Winfrey ataupun Andy Noya, untuk menginspirasi orang lain. Jika anda seorang Ibu, saya yakin anda telah banyak menginspirasi anak anda untuk bisa tumbuh dan berjuang meraih mimpinya. Jika anda seorang professional, saya yakin dedikasi anda pada bidang yang anda tekuni telah memberikan dampak pada bagaimana anda, keluarga anda, atau bahkan orang lain hidup. Perjuangan anda melewati masa lalu yang sulit, dan bangkit dari kegagalan. Atau bahkan keberhasilan anda menaklukkan ketakutan, meraih mimpi, bisa jadi sumber inspirasi. Bukan hanya untuk anda sendiri, bukan hanya untuk anak dan cucu, tapi juga bagi masyarakat Indonesia. Kita butuh media yang membuat kita bisa bilang “Jika dia bisa, pasti saya juga bisa!�, setelah kita mengkonsumsinya. Media yang menggerakkan kita untuk membuat diri kita jadi lebih baik, dan moga-moga bisa membuat orang lain juga jadi lebih baik. Atau mungkin kita perlu bercerita pada diri kita sendiri? Merefleksi bagaimana kita melalui hal-hal sulit dalam hidup kita untuk membuat kita selalu memiliki semangat berjuang. Merefleksi bagaimana hal-hal membahagiakan terjadi dalam hidup kita, untuk membuat kita bersyukur pada apa yang pernah kita dapat. Jika satu atau dua contoh di negeri ini belum cukup, mungkin kita butuh energi kolektif yang bisa membangkitkan rasa percaya diri bangsa ini. Rasa percaya diri yang dibangun, dari kekuatan dan inspirasi setiap individunya. Kekuatan ini yang saling menguatkan, dan membangun. Jika mungkin mereka yang kita harapkan jadi teladan justru gagal memberi contoh. Jika mereka yang katanya mewakili rakyat, tapi bahkan tidak paham apa yang dimau rakyat. Jika mungkin mereka yang katanya pintar, tapi tidak mau berbagi kepintarannya. Jika bahkan pemimpin di negeri ini, mungkin tidak lagi mau memimpin dengan memberi contoh. Saatnya kita ambil peranan! Cerita kita bisa menginspirasi orang lain! Taken from: imamusman.com

ALSA NEWS 20


ALSA UPDATE

ALSA ENGLISH CHALLENGE 2012 ALSA LC Univesitas padjadjaran kembali pada tahun 2012 melaksanakan the 12th annual ALSA Echallenge di kampus Iwa Koesoemasoemantri Universitas Padjadjaran pada tanggal 24-27 februari 2012. Pertandingan yang dipertandingkan dalam ALSA e-challenge 2012 ini adalah news casting, speech, debate, story telling dan writing contest. Pada tahun ini, peserta dari the annual 12th ALSA e-chalenge terdiri atas puluhan tim yang berasal dari universitas dan sekolah menengah atas dari seluruh penjuru Indonesia. Pembukaan the 12th annual ALSA e-challenge 2012 dilaksanakan pada hari jumat, tanggal 24 februari 2012 bertempat di gedung bale rumawat Unpad. Acara dimulai pada pukul 10 dengan agenda acara opening ceremony dan dilanjutkan dengan babak penyisihan lomba news casting dan speech yang dimulai setelah istirahat shalat jumat dan makan siang. Sedangkan untuk lomba debate pada tanggal 25 februari dan story telling dan writing contest pada tanggal 26 Februari 2012. Yang menarik pada e-challenge tahun ini yaitu terdapat peserta yang berasal dari timur Indonesia yaitu SMA Al-Azhar Palu. Walaupun menempuh perjalanan jauh untuk mengikuti kompetisi e-challenge 2012, hal itu tidak membuat turun semangat dari mereka untuk mengikuti rangkaian acara dalam kompetisi e-challenge 2012. Walaupun kedua tim debat mereka gagal untuk menembus babak octo-final round dan harus terhenti di babak penyisihan, tapi mereka berhasil untuk mendapatkan 3 poin dan hanya kalah perolehan poin dalam klasmen penentuan agar lolos ke octo-final round, semoga mereka dapat mendapatkan hasil yang semakin baik di ALSA e-challenge FH Unpad selanjutnya. Setelah bertanding kurang lebih selama 4 hari, akhirnya sampai pula pada closing ceremony dan penganugerahan juara kepada pemenang dari masing-masing cabang pertandingan. Pada perlombaan debate tim ESU UNPAD A berhasil menjadi juara disusul oleh BINUS B sebagai runner up, dan Rosmiyana dari tim BINUS A mengukuhkan diri sebagai 1st best speaker. Sedangkan untuk cabang perlombaan lain pemenangnya adalah The first winner for Writing : Nalia Rahmania from ALSA LC UI. The first winner for Speech : Irene Anindya Putri ( Unive Sanata Dharma ) The second winner for Speech : Ririn Wulandari Kole ( Institut Manajemen Telkom ) The first winner for Newscast : Dini Mustaqima ( UPI ) The second winner for Newscast : Abdul Razak ( SMAT Krida Nusantara ) The first winner for Storytelling : Priska Agustin Muljadi ( Unika Atmajaya ) The second winner for Storytelling : Eggy Nurginanjar ( UIN SDG Bandung )

ALSA NEWS 21


ALSA NEWS 22


ALSA NEWS Issue 3